Jan 13, 2013

SUMMUM BONUM





Ass, jika ingin membaca tentang Summum Bonum, bisa konek berikut:


Wss

38 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Summum bonum memuat pengertian “kebaikan tertinggi”, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada “BAIK”, yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Pengertian sumum bonum menurut Plato merupakan ide yang baik dan kedengaran merupakan suatu ide yang abstrak. Prinsip summum bonum ini juga berpangkal pada panggilan manusia pada kesempurnaan dan hukum kodratnya.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Summun Bonum diperkenalkan oleh Marcus Tullius Cicero yang bermakna ‘kebaikan tertinggi’. Istilah ini digunakan pada masa filsafat abad pertengahan. Kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan seseorang yang berbudi dalam hubungaannya dengan Tuhan dan sesuai dengan ajaran Tuhan.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  3. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Summum Bonum merupakan kebaikan tertinggi yang dicapai oleh setiap manusia. Kebaikan tertinggi disini maksudnya adalah upaya manusia dalam menggapai dirinya menjad yang tertinggi dihadapan Allah dengan melakukan kebaikan-kebaikan selama hidupnya. Karena manusia harus percaya dengan hukum sebab akibat, bahwa jika menanam baik, maka hasilnya akan lebih baik. Jika menanam tidak baik maka hasilnya juga akan lebih tidak baik pula.

    ReplyDelete
  4. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Berdasarkan yang saya baca pada situs http://www.iep.utm.edu/kantaest/ summon bonum merupakan perilaku moral yang dimana oleh Immanuel Kant disebut sebagai kebaikan tertinggi ' (summum bonum). Ini berarti bahwa semua kemungkinan dari kebahagian yang terbesar berasal dari perilaku manusia. Tidak seperti hasrat dan perilaku yang instan, di mana kebanyakan manusia melakukannya karna ingin mencapai tujuan. Sedangkan moral bertumpu pada kewajiban, di mana dalam berbicara contohnya, manusia harus benar-benar mengtahui tujuan yang ingin dicapai memang memungkinkan.

    ReplyDelete
  5. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Summum bonum adalah ungkapan Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh Cicero. Immanuel Kant kemudian berpendapat bahwa "elemen kedua" dari Summum Bonum ada sebagai "kebahagiaan proporsional dengan moralitas itu," dimana moralitas didefinisikan sebagai "elemen pertama" dari kebaikan tertinggi. Dia berpendapat bahwa "Kebahagiaan adalah kehidupan manusia yang bersandar dan berjalan sesuai kehendak-Nya” Ini berarti bahwa semua kemungkinan dari kebahagian yang terbesar berasal dari perilaku manusia apabila ia dalam kehidupannya selalu bersandar dan selalu berada di jalan Allah.

    ReplyDelete
  6. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa summum bonum adalah ekspresi bahasa Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh Cicero. Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan itu sendiri, dan pada saat yang sama dengan yang berisi semua barang-barang lainnya. Istilah ini digunakan dalam filsafat abad pertengahan dan di Kantianisme, untuk menggambarkan pentingnya utama, akhir tunggal dan utama yang manusia harus mengejar; sedangkan dalam sintesis Thomis Aristotelianisme dan Kristen, kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan orang-orang benar dan/atau kehidupan yang dipimpin di Persekutuan dengan Allah dan sesuai dengan ajaran Allah.

    ReplyDelete
  7. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Summum bonum merupakan ekspresi Latin yang berarti kebaikan tertinggi. Kebaikan tertinggi tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada semua hal yang mengandung dan melahirkan kebaikan, yang diinginkan, dan yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Kebaikan tertinggi tersebut dapat dicapai dalam kesendirian dan renungan pikiran. Kebaikan tertinggi itu adalah keutamaan tertinggi, karena ia berhubungan dengan akal. Jika akal terlatih, akal dapat memberi arah kepada kehidupan sehingga mencapai keunggulan, maka kebahagiaan dapat dicapai.

    ReplyDelete
  8. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Summum Bonum adalah bahasa Latin yang memiliki arti kebaikan tertinggi. Summum bonum merupakan salah satu glosarium dari Immanuel Kant. Sering dikatakan bahwa manusia hidup untuk kebaikan tertinggi, dengan mencapai kebaikan itu maka manusia akan bahagia. Selain itu, harus percaya bahwa Tuhan itu ada sehingga tiadalah sia-sia perilaku kebaikan itu dan manusia itu abadi adanya.

    ReplyDelete
  9. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    “Summum bonum” adalah sebuah kata kunci yang cukup dikenal orang di dalam filsafat St. Thomas Aquinas. Istilah ini memuat pengertian “kebaikan tertinggi”,
    Summun Bonum berkaitan dengan immortalitas jiwa, yakni jiwa harus bersifat immortal agar dapat mencapai kebaikan tertinggi, Summum Bonum berhubungan erat dengan kebaikan. Istilah ini memuat pengertian “kebaikan tertinggi”, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada baik, yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia.

    ReplyDelete
  10. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Summun bonum berati kebaikan tertinggi. Adanya sesuatu yang kita anggap “summon bonum”, dapat menciptakan kebaikan lainnya karena kebaikan tertinggi membawa di dalam dirinya semua hal lain yang baik.

    Apabila dianalogikan, menurut saya summun bonum yang harus ada dalam diri kita adalah terletak tepat di hati kita. Jika hati kita yang merupakan “summun bonum” sudah baik, maka keseluruhan jasad kita akan ikut baik. Segala sesuatu selalu ada puncaknya, selalu ada intinya. Maka raihlah puncak itu dengan cara yang baik agar kita sampai di puncak yang benar-benar baik dan membaiikkan.

    ReplyDelete
  11. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    “Summum bonum” adalah sebuah kata kunci yang cukup dikenal orang di dalam filsafat St. Thomas Aquinas. Istilah ini memuat pengertian “kebaikan tertinggi”, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada “BAIK”, yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Memang pengertian “summum bonum” merupakan ide “baik” menurut pengertian filsafat Plato, dan kedengarannya seperti suatu ide yang abstrak. Namun untuk memahami lebih jauh, perhatikanlah ilustrasi berikut yang merupakan refleksi dari pengalaman pribadi di masa kecil.

    ReplyDelete
  12. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan link yang diberikan di atas, dikatakan bahwa summum bonum adalah ekspresi Latin yang berarti "tertinggi baik" yang diperkenalkan oleh Cicero. Istilah ini digunakan dalam filsafat abad pertengahan dan di Kantianisme, untuk menggambarkan pentingnya awal, bentuk tunggal dan akhir yang seharusnya manusia kejar. Dalam sintesis Thomis dari Aristotelianisme dan Kristen, kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan orang benar dan/ atau kehidupan memimpin dalam persekutuan dengan Allah dan sesuai dengan ajaran Allah.

    ReplyDelete
  13. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Menurut Kant, tujuan moralitas adalah ‘kebaikan tertinggi’ atau disebut dengan summum bonum. Dan kebaikan tertinggi tentunya juga berarti kebahagiaan sempurna yakni terpenuhi segala kecenderungan di bidang empiris: kesenangan, kesehatan, kekayaan, kekuasaan dan lain sebagainya. Akan tetapi tujuan disini harus diartikan sebagai arah kemana perbuatan harus dijuruskan. Menurut Kant, kebaikan tertinggi tidak pernah terealisasi secara seratus persen sempurna sebab adanya kejahatan. Kant mnejawab persoalan ini dengan berkata bahwa agar kebaikan moral manusia dengan kebahagiaan sempurna itu berhubungan, kiha harus menerima adanya tiga hal yaitu kebebasan kehendak, immortalitas jiwa, dan adanya Tuhan yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  14. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Moralitas mengarah kepada agama melalui pemahaman Kebaikan Tertinggi atau Summum Bonum. Tuhan adalah yang sempurna secara moral. Maka kehendak dan perintah-Nya adalah sempurna juga secara moral. Mengingat bahwa tujuan moralitas adalah Kebaikan Tertinggi padahal Kebaikan Tertinggi terdapat pada Tuhan dan dapat dicapai dengan menerima adanya Tuhan sebagai postulat, sehingga jika kita ingin mencapai Summum Bonum, maka kita harus menyelaraskan diri dengan kehendak dan perintah Tuhan yang sempurna secara moral itu. Dengan adanya penyelarasan inilah, kita mengakui kewajiban kita sebagai perintah Tuhan, dan menurut Immanuel Kant inilah agama, karena dengan demikian kita dapat menghayati pengalaman dalam hidup beragama dengan menerima eksitensi Tuhan.

    ReplyDelete
  15. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    summum bonum, yakni suatu kebaikan yang sempurna yang meliputi kabajikan dan kebahagiaan. Menurut Kant, Summum bonum adalah tujuan akhir yang ditetapkan sendiri oleh akal secara a priori, dan untuk mencapai itu manusia harus tunduk kepada moral. Setiap orang menyadari dirinya benar-benar terikat oleh aturan-aturan moral. Aturan-aturan moral itu menuntut terpenuhinya summum bonum, dan hanya Tuhan saja yang bisa menjamin terpenuhinya pada kehidupan sesudah kematian. Oleh sebab itu, Tuhan pastilah ada. Tuntutan moral akan kehidupan bahagia membawa kita kepada keyakinan akan adanya eksistensi yang menjadi sebab bisa terpenuhinya tuntutan moral ini. Tuntutan moral bagi terwujudnya summum bonum memastikan adanya Tuhan sebagai Author atau Being yang mewujudkan summum bonum. Kesadaran bahwa Tuhan ini bersifat immanen (fitrah diri) yang berbeda di dalam kesadaran moral dan ini merupakan bukti yang cukup akan adanya Tuhan.

    ReplyDelete
  16. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Summum bonum didefinisikan sebagai kebaikan tertinggi yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada saja tetapi juga menunjuk kepada baik, yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan dan dapat memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Kebaikan tertinggi ini biasanya dijelaskan sebagai kehidupan seseorang yang sesuai dengan ajaran agama, mematuhi semua perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya sehingga dapat mendatangkan kebaikan-kebaikan yang lain dan dapat membawa kebahagiaan.

    ReplyDelete
  17. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dari salah atu elegi diatas dijelaskan bahwa Summum bonum adalah ekspresi Latin yang berarti "kebaikan tertinggi". Dalam sintesis Thomis dari Aristotelianisme dan Kristen, kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan orang benar dan/atau kehidupan yang membuat hubungan baik dengan Allah dan sesuai dengan ajaran Allah. kebaikan tertinggi (summum bonum) menurut Imanuel Kant haruslah baik secara intrisik dan baik tanpa kualifikasi. "baik tanpa kualifikasi" adalah ketika penambahan hal tersebut tidak membuat keadaan menjadi lebih buruk secara etis. Kant mengemukakan bahwa hanya ada satu hal yang sungguh baik, yaitu niat baik dan mengklaim bahwa seseorang berniat baik bila ia bertindak berdasarkan penghormatan pada hukum moral. Maka bagi kita yang muslim maka kebaikan tertinggi jika kebaikan tersebut tidak menyalahi aturan agama pada dimensi spiritual kehidupan.

    ReplyDelete
  18. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang summum bonum dalam filsafat. InsyaAllah link tersebut dan isinya akan bermanfaat bagi seluruh pembaca dalam blog ini khususnya saya, mungkin sekarang, besok, atau seterusnya. Semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Aamiin.

    ReplyDelete
  19. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013


    Dari link tersebut, summum bonum adalah ekspresi dalam bahasa Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh Cicero, sesuai dengan filsafat Idea of the Good in Ancient Greek. Summum Bonum umumnya dianggap sebagai tujuan itu sendiri, dan pada saat yang sama mengandung semua hal yang meliputinya.

    ReplyDelete
  20. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Istilah Summum Bonum digunakan dalam filsafat abad pertengahan dan di Kantianisme untuk menggambarkan kepentingan yang harus dicapai manusia. Sedangkan dalam sintesis Thomis dari Aristotelianisme dan Kristen, kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan yang benar atau kehidupan yang bertujuan ke arah persekutuan dengan Tuhan dan sesuai dengan ajaran Tuhan.

    ReplyDelete
  21. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Aristoteles conceives dari teori etika sebagai bidang dari ilmu-ilmu teoritis. metodologinya harus sesuai tindakan-dan materi-baik subjek harus menghormati fakta bahwa di bidang ini banyak generalisasi terus hanya untuk sebagian besar. Kami belajar etika dalam rangka meningkatkan kehidupan kita, dan karena itu perhatian utamanya adalah sifat kesejahteraan manusia. Aristoteles berikut Socrates dan Plato dalam mengambil kebajikan menjadi pusat kehidupan baik-hidup. Seperti Plato, ia menganggap kebajikan etis (keadilan, keberanian, kesederhanaan dan sebagainya) sebagai keterampilan rasional, emosional dan sosial yang kompleks. Tapi dia menolak ide Plato bahwa pelatihan dalam ilmu dan metafisika merupakan prasyarat yang diperlukan untuk pemahaman penuh kebaikan kita.

    ReplyDelete
  22. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Summun Bonum berkaitan dengan immortalitas jiwa, yakni jiwa harus bersifat immortal agar dapat mencapai kebaikan tertinggi, Summum Bonum berhubungan erat dengan kebaikan. Dan kebaikan tertinggi tentunya juga berarti kebahagiaan sempurna yakni terpenuhi segala kecenderungan di bidang empiris, kesenangan kesehatan kekayaan kekuasaan dan lain sebagainya. Tuntutan moral akan kehidupan bahagia membawa kita kepada keyakinan akan adanya eksistensi yang menjadi sebab bisa terpenuhinya tuntutan moral ini.

    ReplyDelete
  23. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Kesimpulan Aristoteles tentang sifat kebahagiaan adalah dalam arti unik sendiri. Tidak ada penulis atau pemikir lain telah mengatakan dengan tepat apa yang dia katakan tentang apa itu untuk hidup dengan baik. Tetapi pada saat yang sama pandangannya tidak terlalu jauh dari ide umum. Seperti yang dia tunjukkan sendiri, salah satu konsepsi tradisional kebahagiaan mengidentifikasi dengan kebajikan

    ReplyDelete
  24. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Summum bonum merupakan perilaku moral yang disebut sebagai kebaikan tertinggi. Semua kemungkinan dari kebahagiaan yang terbesar berasal dari perilaku manusia. Kebaikan tertinggi manusia jika sudah dekat dan mematuhi perintah Allah. Sedangkan keburukan tertinggi yaitu ketika Allah jauh dari kehidupan kita. Dalam filsafat, keburukan tertinggi adalah ketika kita tidak sopan terhadap ruang dan waktu atau ketika dalam diri ini hanyalah mitos semata.

    ReplyDelete
  25. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Summum Bonum adalah ekspresi untuk menunjukkan kekaguman akan suatu hal yang teramat bagus. Seperti halnya kekaguman kita terhadap segala sesuatau yang telah Allah ciptakan di alam semesta ini. Sehingga kita semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Sang Maha Pencipta yang telah memberikan segala sesuatu yang baik untuk ciptaanNya

    ReplyDelete
  26. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Summum bonum merupakan ekspresi Latin berarti ‘kebaikan tertinggi’, yang digunakan dalam filsafat abad pertengahan dan di Kantianisme, untuk menggambarkan pentingnya yang seharusnya dikejar. Dalam sintesis Thomis dari Aristotelianisme dan Kristen, kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan orang benar dan / atau kehidupan memimpin dalam persekutuan dengan Tuhan dan sesuai dengan ajaran Tuhan.

    ReplyDelete
  27. martin/Rwanda
    PPS2016PEP B
    The summary i get from the reading is that C. S. Peirce argued that inductive reasoning and probability judgments are adequately secure only in the indefinitely long run, and that therefore it is illogical to employ these modes of inference unless one's chief devotion is to the interests of an ideal community of all rational beings, past, present, and future. He thought of this devotion as a "social sentiment", involving self-sacrifice. An examination of his argument shows that the attitude presupposed by his conceptions of induction and probability is in fact not self-sacrificial and is social only in a very special sense. Furthermore, it seems doubtful that this attitude is characteristic of practicing scientists; and this is a reason for questioning Peirce's analysis of induction and probability.

    ReplyDelete
  28. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Summun Bonum diperkenalkan oleh Marcus Tullius Cicero yang bermakna ‘kebaikan tertinggi’. Pengertian sumum bonum menurut Plato merupakan ide yang baik dan kedengaran merupakan suatu ide yang abstrak. Kebaikan tertinggi biasanya didefinisikan sebagai kehidupan seseorang yang berbudi dalam hubungaannya dengan Tuhan dan sesuai dengan ajaran Tuhan.


    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  29. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Alat untuk mencapai kebahagiaan menurut Aristoteles adalah rasio. Menurutnya ‘kebaikan tertinggi’(summum bonum) dapat dicapai dalam kesendirian dan renungan pikiran (kontemplasi). Kebaikan tertinggi itu adalah keutamaan tertinggi, karena ia berhubungan dengan akal. Kalau akal terlatih akan dapatlah akal itu memberi arah kepada kehidupan, sehingga mencapai keunggulan dan oleh sebab itu pula kebahagiaan dapat dicapai.

    ReplyDelete
  30. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Summum bonum yaitu kebaikan tertinggi sebagai tujuan akhir yang ditetapkan sendiri oleh akal secara a priori, dan untuk mencapai itu manusia harus tunduk kepada moral. Aturan-aturan moral itu menuntut terpenuhinya summum bonum, dan hanya tuhan saja yang bisa menjamin terpenuhinya ini dan itu pun tidak terjadi dalam kehidupan sekarang ini melainkan dalam kehidupan setelah sekarang ini.

    ReplyDelete
  31. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    “Summum bonum” adalah pemikiran yang dicetuskan oleh Thomas Aquinas. Istilah ini memiliki arti “kebaikan tertinggi”, yang mencakup bukan hanya kebaikan yang mungkin ada, tetapi juga mengandung pengertian “baik” yang merujuk kepada keseluruhan hal, yang diinginkan, yang memuaskan keinginan manusia.

    Tentunya standar kebaikan dalam islam, berbeda dari yang lain. Standar kebaikan islam bukan mengacu kepada penilaian manusia itu sendiri, karena penilaian manusia biasanya bersifat relatif. Maka, standar dalam menentukan kebaikan yaitu bagaimana syariat (aturan) Allah memandang perbuatan tersebut, apakah baik atau sebaliknya.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  32. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Summum Bonum adalah ekspresi latin yang artinya "kebaikan tertinggi", yang peramakali diperkenalkan oleh Cicero, untuk mengkorespondensikan ide dari kebaikan dalam filosofi Yunani. Istilah ini juga digunakan pada filosofi medieval dan pada Kantianisme, untuk menjelaskan kepentingan utama, bentuk tunggal dan akhir yang ingin dicapai manusia. Penilaian pada kebaikan tertinggi umumnya terbagi ke dalam empat kategori: utilitarianisme, eudaemonisme, deontologisme rasional, dan eudaemonisme rasional.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  33. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Summum bonum adalah ekspresi bahasa Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh Cicero, untuk sesuai dengan ide yang baik dalam filsafat Yunani Kuno. Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan itu sendiri, dan pada saat yang sama dengan yang berisi semua barang-barang lainnya.
    Ajaran ini menanggap bahwa kebaikan adalah segalanya. Filsafat ini terlihat lebih religius, namun semua tergantung kepada pengikutnya dalam menjalankannya. Dan tidak ada salahnya kita petik hikmahnya di kehidupan kita.

    ReplyDelete
  34. Nuha FAzlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Summum bonum adalah peryataann latin yang berarti “kebaikan yang tertinggi”, yang telah dikenalakan oleh cicero, untuk mencocokkan ide kebaikan di dalam fislafat yunani kuno. Sumum bonum adlah secara umum dipikirakn sebagai yang sedang adn yang akhir dari dirinya sendiri, dan pada waktu yangs sama memuat semua kebaikan yang lain. Istilah tersebut digunakn di filsafat medieval dan di kantianisme untuk mendeskripsikan kepentingan yang besar.

    ReplyDelete
  35. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Summom bonum memuat pengertian sebagai kebaikan tertinggi, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada yang baik, yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Memang pengertian “summum bonum” merupakan ide “baik” menurut pengertian filsafat Plato, dan kedengarannya seperti suatu ide yang abstrak. Namun untuk memahami lebih jauh, perhatikanlah ilustrasi berikut yang merupakan refleksi dari pengalaman pribadi di masa kecil.

    ReplyDelete
  36. Istilah summum bonum ini memuat pengertian “kebaikan tertinggi”, yang tidak hanya berarti hal yang paling baik yang mungkin ada, tetapi juga menunjuk kepada “baik”, yang mengandung dan melahirkan semua hal yang baik, yang diinginkan, yang sungguh memuaskan semua hasrat atau keinginan hati manusia. Pertamakali istilah ini diperkenalkan oleh Cicero, untuk mengkorespondensikan ide dari kebaikan dalam filosofi Yunani. Istilah ini juga digunakan pada filosofi medieval dan pada Kantianisme, untuk menjelaskan kepentingan utama, bentuk tunggal dan akhir yang ingin dicapai manusia. Penilaian pada kebaikan tertinggi umumnya terbagi ke dalam empat kategori: utilitarianisme, eudaemonisme, deontologisme rasional, dan eudaemonisme rasional.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  37. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Summum bonum umumnya dianggap sebagai tujuan itu sendiri, dan pada saat yang sama yang berisi semua barang-barang lain. Istilah ini digunakan dalam filsafat abad pertengahan dan di Kantianisme, untuk menggambarkan pentingnya utama, bentuk tunggal dan utama akhir yang manusia seharusnya untuk mengejar.

    ReplyDelete
  38. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Summum bonum adalah ekspresi bahasa Latin yang berarti "kebaikan tertinggi", yang diperkenalkan oleh Cicero bersesuaian dengan Ide filsafat kebaikan dalam filsafat Yunani Kuno. Summum Bonum umumnya dianggap sebagai tujuan akhir, dan pada saat yang sama mengandung semua kebaikan lainnya. Dari penjelasan tersebut dapat disederhanakan bahwa yang menjadi suatu hal penting dari summum bonum adalah manusia dapat mencapai suatu akhir dengan mendapat kebaikan tertinggi. Mungkin jika dikaitkan dengan kita umat muslim summum bonum disini akhir manusia dengan keadaan khusnul khotimah.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id