Jan 13, 2013

PANTHEISM





Ass, jika ingin membaca tentang Pantheism, bisa konek berikut:


Wss

47 comments:

  1. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Panteisme yaitu kepercayaan bahwa Tuhan identik dengan alam.Sehingga secara umum panteisme dapat kita pahami secara postif Tuhan dan alam itu manunggal. Tuhan dan alam merupakan dua hakekat yang tidak dapat dipisahkan. Saya mendapatkan kalimat yang bagus yaitu Tuhan sendiri merupakan segala-galanya bahwa segala itu Tuhan. Panteisme merupakan salah satu bentuk Monisme. http://plato.stanford.edu/entries/pantheism/

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Panteisme adalah teori yang mengajarkan bahwa segala sesuatu itu Tuhan, Tuhan dan alam manunggal. Panteisme adalah religius dan menekankan segala sesuatu di atas alam kebendaan. Karena itu dalam panteisme dunia terlebur dalam Tuhan yang dengan salah satu cara dunia merupakan bagian dari hakekatnya.

    ReplyDelete
  3. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Panteisme/pantheisme merupakan konsep yang mengajarkan bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan kekuatan-kekuatan dan hukum-hukum alam semesta adalah Tuhan. Oleh karena itu, dalam arti yang positif kita dapat memahami bahwa Tuhan & alam itu merupakan dua hakekat yang berbeda, sehingga tidak dapat dipisahkan antara satu sama yang lain. Sedangkan dalam arti yang negatif, kita bisa menolak untuk menyamakan Tuhan dengan alam semesta.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Panteisme merupakan aliran yang meyakini bahwa Tuhan adalah semuanya dan semuanya adalah Tuhan. Pendapat ini beranggapan bahwa segala barang merupakan Tuhan abstrak imanen yang mencangkup semuanya. Tidak ada satupun yang tidak tercakup di dalam Tuhan dan tidak satupun yang bisa berada tanpa Tuhan. Dengan kata lain bahwa segala realitas di dunia ini merupakan elemen pembentuk Tuhan. Mereka tidak percaya terhadap seorang Tuhan atau seorang dewa sebagai personal.

    ReplyDelete
  6. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Panteisme adalah kepercayaan bahwa Tuhan adalah semuanya dan semua adalah Tuhan. Dalam ajaran agama Islam benar adanya bahwa Tuhan adalah segalanya, karena segala sesuatu ada dan terjadi atas kehendak Allah SWT. Namun ungkapan 'semua adalah Tuhan' menurut saya hal tersebut kurang tepat, karena benda bukanlah Tuhan , gunung, pohon, tanah, laut, bukanlah Tuhan. Tuhan yang menciptakan segalanya, kita percaya Allah itu ada, namun dengan menganggap benda-benda adalah Tuhan berarti kita telah melakukan syirik. Syirik dengan menyamakan Tuhan dengan benda atau orang lain, hal tersebut merupakan dosa besar. Jadi, Tuhan adalah semua, namun semua bukanlah Tuhan.

    ReplyDelete
  7. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Dari https://en.wikipedia.org/wiki/Pantheism menyebutkan bahwa panteisme adalah keyakinan bahwa alam semesta (atau alam sebagai totalitas dari segala sesuatu) identik dengan ke-ilahi-an. Panteisme berasal dari bahasa Yunani (yang berarti "semua") dan theos (yang berarti "Tuhan"). Ada berbagai definisi panteisme. Beberapa menganggapnya posisi teologis dan filosofis tentang Tuhan. Dari sudut pandang agama, beberapa menggambarkan panteisme sebagai kebalikan dari ateisme, jadi panteisme adalah pandangan bahwa segala sesuatu itu adalah Tuhan.

    ReplyDelete
  8. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Phanteism atau dalam bahasa Indonesia berarti panteisme adalah suatu posisi yang menganggap alam semesta identik dengan ketuhanan. Dengan kata lain, Tuhan adalah alam semesta itu sendiri. Pantheism juga merupakan konsep ketuhanan yang non personal atau tidak anthropomorphic.

    Secara pribadi, menurut saya paham ini sangat berbahaya teutama bagi pemeluk agama yang berkeyakinan bahwa Tuhan adalah Zat yang bahkan tidak dapat kita bayangkan. Tuhan adalah Allah.
    Allah tidak mungkin dapat digambarkan menjadi alam semesta. Allahu Rabbi, Tuhan Semesta Alam, dunia dan segala isinya adalah kepunyaanyya serta lapisan galksi hingga ke ‘arasy terjadi dan ada atas kehendak-Nya.

    ReplyDelete
  9. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B
    Pantheism merupakan kepercayaan kuno dari Yunani. Namun di abad pencerahan, Pantheism di angkat kembali, terutama oleh filsuf Baruch Spinoza, seorang Yahudi yang tinggal di belanda. Spinoza juga termasuk yang paling awal mengangkat filsafat monism. Dalam pemahaman terhadap tuhan, pantheism mempercayai bahwa tuhan adalah alam itu sendiri, dan yang segalanya adalah alam atau tuhan itu sendiri, Spinoza menyebutnya 'Deus Siva Natura' atau tuhan adalah alam semesta sendiri.
    Panteisme adalah suatu posisi yang menganggap Universe/Alam Semesta identik dengan keTuhanan. Dengan kata lain, Tuhan adalah alam semesta itu sendiri. Panteisme merupakan konsep ketuhanan yang nonpersonal/tidak anthropomorphic.

    ReplyDelete
  10. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Pantheism adalah paham yang mengait ngaitkat segala sesuatu yang ada di alam semesta ini dengan Tuhan. paham ini adalah paham keIlahian. Pantheism adalah suatu posisi yang menganggap Universe/Alam Semesta identik dengan keTuhanan. Dengan kata lain, Tuhan adalah alam semesta itu sendiri. Bisa dikatakan, pantheism adalah sexed-up atheism, karena ateis dan panteis pada prinsipnya tidak memercayai keberadaan Tuhan Personal; ateis tentu saja percaya bahwa Alam Semesta ada dan memang menakjubkan, tetapi kami juga tidak menganggap bahwa Alam Semesta lantas merupakan semacam ekuivalen atau substitusi Tuhan. Singkatnya, panteisme adalah ateisme, dengan sedikit perbedaan semantik mengenai apa definisi Tuhan. Pantheism lahir dari pemikiran para penyembah berhala dimana ketika berbicara tentang keMahaBesaran Tuhan, maka mereka memikirkannya secara materi (Tubuh Tuhan). “Tubuh” Tuhan Yang Maha Besar harus meliputi seluruh alam semesta ini, karena bila ada ruang kosong diluar “Tubuh” Tuhan maka berarti ruang itu lebih besar dari “Tubuh” Tuhan. Karena tidak ada ruang kosong diluar “Tubuh” Tuhan maka berarti alam semesta ini berada didalam “Tubuh” Tuhan, dan itu berarti alam semesta itu adalah Tuhan.

    ReplyDelete
  11. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Panteisme atau pantheisme secara harafiah artinya adalah "Tuhan adalah Semuanya" dan "Semua adalah Tuhan". Ini merupakan sebuah pendapat bahwa segala barang merupakan Tuhan abstrak imanen yang mencakup semuanya; atau bahwa Alam Semesta, atau alam, dan Tuhan adalah sama. Definisi yang lebih mendetail cenderung menekankan gagasan bahwa hukum alam, Keadaan, dan Alam Semesta (jumlah total dari semuanya adalah dan akan selalu) diwakili atau dipersonifikasikan dalam prinsip teologis 'Tuhan' atau 'Dewa' yang abstrak. Walau begitu, perlu dimengerti bahwa kaum panteis tidak percaya terhadap seorang Dewa atau Dewa-Dewa yang pribadi dan kreatif dalam segala bentuk, yaitu merupakan ciri khas utama yang membedakan mereka dari kaum panenteis dan pandeis. Dengan begitu, meskipun banyak agama mungkin mengklaim memiliki unsur-unsur panteis, mereka biasanya sebenarnya sejatinya panenteis atau pandeistik.

    ReplyDelete
  12. Panteisme adalah suatu posisi yang menganggap Universe/Alam Semesta identik dengan keTuhanan. Dengan kata lain, Tuhan adalah alam semesta itu sendiri. Panteisme merupakan konsep ketuhanan yang nonpersonal/tidak anthropomorphic. Untuk memahami ini kita mulai dengan perbedaan dua konsep penggunaan kata Tuhan, yakni personal dan non personal. Tuhan personal adalah Tuhan yang memiliki kehendak, memiliki keinginan, bisa marah, dan lain sebagainya seperti yang diatributkan pada Tuhan Abrahamik seperti Allah, YHWH, hingga dewa dewi di berbagai agama. Sementara Tuhan nonpersonal umumnya merujuk pada hal-hal seperti kesadaran, energi, dan alam semesta itu sendiri. Bisa dikatakan, panteisme adalah sexed-up atheism, karena ateis dan panteis pada prinsipnya tidak memercayai keberadaan Tuhan Personal; ateis tentu saja percaya bahwa Alam Semesta ada dan memang menakjubkan, tetapi kami juga tidak menganggap bahwa Alam Semesta lantas merupakan semacam ekuivalen atau substitusi Tuhan. Singkatnya, panteisme adalah ateisme, dengan sedikit perbedaan semantik mengenai apa definisi Tuhan.

    ReplyDelete
  13. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Panteisme adalah teori yang mengajarkan bahwa segala sesuatu itu Tuhan, Tuhan dan alam manunggal. Menurut saya ungkapan tersebut kurang tepat jika kita telan mentah-mentah. Karena jika segala sesuatu adalah Tuhan, apakah pohon adalah Tuhan? Tentu bukan. Dalam Islam memper Tuhan kan selain Allah berarti Syirik. Sehingga tentu tidak segala sesuatunya itu adalah Tuhan. Tuhan hanya ada 1. Allah tidak beranak dan tidak pula diperanakan.

    ReplyDelete
  14. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Pantheism atau panteisme secara harfiah berarti Tuhan adalah semuanya dan semua adalah Tuhan. Paham ini menganggap bahwa alam semesta dan tuhan adalah sama, dan percaya bahwa satu-satunya yang layak disebut Tuhan adalah alam itu sendiri. Kaum panteis ini tidak percaya terhadap adanya Dewa akan tetapi memercayai Tuhan itu adalah alam semesta, inilah yang membedakan pantheism dengan atheism. Atheis tentu saja percaya bahwa Alam Semesta ada dan memang menakjubkan tetapi tidak menganggap bahwa Alam Semesta lantas merupakan semacam ekuivalen atau substitusi Tuhan.

    ReplyDelete
  15. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Pantheism atau panteisme berasal dari bahasa yunani yaitu ‘pan’ yang berarti ‘semua’ dan ‘theos’ yang berarti Tuhan. Panteisme pertama kali diperkenalkan oleh kebangsaan Irlandia John Toland pada tahun 1705. Ia menulis sebuah buku yang berjudul “Sosinianisme Benar-Benar Dicanangkan Oleh Seorang Panteis”. Panteisme sendiri merupakan paham filsafat yang berpandangan bahwa segala barang merupakan Tuhan abstrak imanen yang mencakup semuanya; atau bahwa alam Semesta, atau alam, dan Tuhan adalah sama.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  16. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Pantheism terdiri dari tiga kata, yaitu Pan berarti seluruh, Theo berarti Tuhan dan Ism (Isme) berarti paham jadi Pantheism adalah paham bahwa seluruhnya Tuhan dimana Pantheisme berpendapat bahwa seluruh alam ini adalah Tuhan dan Tuhan adalah seluruh alam.

    ReplyDelete
  17. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Tuhan dalam pantheism adalah satu dan sangat dekat dengan alam (imanen), hanya Tuhan mempunyai penampakan-penampakan atau cara berada Tuhan di alam. Tuhan dalam pantheism disamping Esa juga Maha Besar dan tidak berubah. Alam indrawi adalah ilusi atau khyal belaka karena selalu berubah. Adapun yang wujud hakiki hanya satu, yakni Tuhan. Dalam Islam paham ini dikenal dengan nama Wahdat al-wujud (kesatuan wujud) yang dikemukakan oleh al-Arabi

    ReplyDelete
  18. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Panteisme berarti setiap relitas identic dengan keilahian, tuhan imanen (https://en.wikipedia.org/wiki/Pantheism). Tuhan imanen Dalam istilah Filsafat Ketuhanan, berarti Tuhan berada di dalam struktur alam semesta serta turut serta mengambil bagian dalam proses-proses kehidupan manusia. Panteisme menganut paham bahwa tuhan adalah semuanya dan semuanya adalah tuhan.

    ReplyDelete
  19. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Penteisme merupakan sebuah pendapat bahwa segala barang merupakan Tuhan abstrak imanen yang mencakup semuanya; atau bahwa Alam Semesta, atau alam, dan Tuhan adalah sama. Definisi yang lebih mendetail cenderung menekankan gagasan bahwa hukum alam, Keadaan, dan Alam Semesta (jumlah total dari semuanya adalah dan akan selalu) diwakili atau dipersonifikasikan dalam prinsip teologis 'Tuhan' atau 'Dewa' yang abstrak. (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Panteisme)

    ReplyDelete
  20. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Definisi tentang panteisme hingga sekarang masih menjadi perdebatan dan sulit atau tidak dapat dibedakan antara panteisme dan monisme. Dalam kamus filsafat, istilah panteisme berasal dari bahasa Yunani. Pan artinya semua sementara Theos artinya Tuhan. Panteisme yaitu kepercayaan bahwa Tuhan identik dengan alam semesta. Segalanya adalah Tuhan dan Tuhan adalah segalanya. Tuhan dan alam adalah sinonim, dua kata untuk benda yang sama kata ini untuk pertama kalinya muncul pada tahun 1709, system pemikiran panteis sekurang-kurangnya sudah setua Hinduisme.

    ReplyDelete
  21. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Dalam Islam ajaran panteisme ini lebih dikenal dengan wahdat al-wujud yang dibawa oleh Ibn al-Arabi. Dan dipersoalkan karena menyamakan Tuhan dengan alam, menerima panteisme dalam pengertian yang popular, Tuhan identik dengan alam sebagaimana diajarkan panteisme, menurut Islam adalah penghinaan/ penghujatan terhadap Tuhan dan merupakan ajaran sesat dan syirik itulah mengapa panteisme menjadi perdebatan.

    ReplyDelete
  22. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Panteisme Timur (misalnya dalam Hinduisme) berbeda dengan panteisme Barat karena panteisme Timur tidak menyatakan bahwa segala sesuatu adalah Tuhan, tetapi segala sesuatu ada dalam Tuhan (pan-en-theism). Ini berarti bahwa Tuhan dan makhluk-makhluk ciptaan disatukan seperti badan dan jiwa dalam diri manusia, meskipun ciptaan bergantung dan berbeda dengan Tuhan. Misalnya panteisme yang dianut Rama Khrisna (seorang ahli piker agama Hindu) melihat penciptaan dalam kerangka cinta dan memandang ke-Tuhan-an sebagai cinta yang subtansial.

    ReplyDelete
  23. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Pantheism adalah suatu posisi yang menganggap Universe/Alam Semesta identik dengan keTuhanan. Dengan kata lain, Tuhan adalah alam semesta itu sendiri. Bisa dikatakan, pantheism adalah sexed-up atheism, karena ateis dan panteis pada prinsipnya tidak memercayai keberadaan Tuhan Personal; ateis tentu saja percaya bahwa Alam Semesta ada dan memang menakjubkan, tetapi kami juga tidak menganggap bahwa Alam Semesta lantas merupakan semacam ekuivalen atau substitusi Tuhan. Singkatnya, panteisme adalah ateisme, dengan sedikit perbedaan semantik mengenai apa definisi Tuhan.

    ReplyDelete
  24. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Panteisme merupakan konsep ketuhanan yang nonpersonal/tidak anthropomorphic. Untuk memahami ini kita mulai dengan perbedaan dua konsep penggunaan kata Tuhan, yakni personal dan non personal. Tuhan personal adalah Tuhan yang memiliki kehendak, memiliki keinginan, bisa marah, dan lain sebagainya seperti yang diatributkan pada Tuhan Abrahamik seperti Allah, hingga dewa dewi di berbagai agama. Sementara Tuhan nonpersonal umumnya merujuk pada hal-hal seperti kesadaran, energi, dan alam semesta itu sendiri.

    ReplyDelete
  25. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang pantheism dalam filsafat. InsyaAllah link tersebut dan isinya akan bermanfaat bagi seluruh pembaca dalam blog ini khususnya saya, mungkin sekarang, besok, atau seterusnya. Semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Amin.

    ReplyDelete
  26. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari link tersebut, Panteisme adalah keyakinan bahwa alam semesta (atau alam sebagai totalitas dari segala sesuatu) identik dengan keilahian.

    ReplyDelete
  27. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Konsep pantheistic berasal dari ribuan tahun yang lalu, dan beberapa agama di Timur terus mengandung unsur pantheistic. Di Barat, Pantheism diformalkan sebagai teologi dan filsafat terpisah berdasarkan pada karya filsuf abad ke-17 Baruch Spinoza, [4]: hal.7 dalam bukunya Ethics, yang merupakan jawaban dari teori terkenal Descartes' yang menyatakan bahwa tubuh dan jiwa terpisah.

    ReplyDelete
  28. Assalamualaikum wr. wb.
    Pantheisme lahir sejak zaman yunani kuno. Pantheisme adalah tuhan merupakan esensi dari segala sesuatu yang ada. Tidak ada sesuatu kecuali tuhan. Mereka beranggapan bahwa tidak ada pemisah antara tuhan dan alam. Alam adalah Tuhan dan Tuhan adalah alam. Demikian juga yang disampaikan platonisme, “hakikat yang banyak berada dalam yang satu”. Doktrin metafisika yang berkembang di barat dan timur seringkali dinamakan pantheistik. Pantheisme terbangun karena persamaan kecenderungan mental atau jiwa yang dihasilkan pemikiran materialistik dan juga pemikiran naturalistik, yaitu pemikiran yang memandang bahwa segala materi atau benda yang ada di alam ini adalah wujud dari tuhan itu sendiri. Pantheisme adalah ajaran yang memahami bahwa wujud Tuhan itu tidak ada, kecuali dalam kandungan wujud alam dan juga wujud dari materi. Segenap wujud alam adalah wujud Tuhan dan juga wujud Tuhan adalah wujud alam (baik dari segi wujudnya dan juga dari segi penampakannya). Jadi para penganut Pantheisme itu mengidentikkan tuhan dengan alam, mereka menetapkan adanya kesatuan hakikat dalam kejamakan alam tanpa membedakan martabat tuhan dengan martabat alam.

    Dwi Margo Yuwono
    16701261028
    PEP S3 KELAS A

    ReplyDelete
  29. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Keyakinan bahwa semua realitas identik dengan Tuhan diistilahkan dengan panteisme. Nilai-nilai dari panteisme di alam semesta dapat dilihat melalui penekanan alam dan manusia. Penekanan alam ditandai dengan cinta yang mendalam dan rasa hormat untuk alam karena merupakan hasil ciptaan Tuhan. Penekanan manusia yakni dengan memahami hubungan antara Tuhan dan nilai menyatakan bahwa Tuhan yang paling terungkap dalam budaya manusia dan sejarah.

    ReplyDelete
  30. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Panteisme merupakan faham yang menganggap bahwa Tuhan non personal, kaum panteisme beranggapan bahwa Tuhan merupakan semesta alam ini. Jadi mereka beranggapan bahwa semesta alam ini adalah Tuhan. Sehingga dapat dikatakan bahwa Panteisme mempunyai kesamaan dengan Ateisme dalam hal tak menganggap adanya Tuhan secara personal dan perbedaannya adalah dalam panteisme menyakini adanya Tuhan namun non personal, tetapi ateisme tak menganggap adanya Tuhan sama sekali. Paham Panteisme dipopulerkan oleh seorang filsuf Baruch Spinoza dan berkembang pada abad ke-17.

    ReplyDelete
  31. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Pantheism yaitu doktrin atau keyakinan bahwa Tuhan adalah alam semesta dan fenomena nya (diambil atau dipahami secara keseluruhan) atau doktrin yang menganggap alam semesta sebagai manifestasi Tuhan. Dalam pengertian pantheism ini, alam adalah segalanya dan yang berkehendak, dan semua-nya menyatu didalam alam raya ini dan merupakan ciptaan Tuhan.

    ReplyDelete
  32. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    I have red many articles about the pantheism and i came to find that Pantheism is the view that God is equivalent to Nature or the physical universe - that they are essentially the same thing - or that everything is of an all-encompassing immanent abstract God. Thus, each individual human, being part of the universe or nature, is part of God. The term "pantheism" was coined by the Irish writer John Toland in 1705.

    Some pantheists accept the idea of free will (arguing that individuals have some choices between right and wrong, even if they likely have little conception of the greater being of which they are a part), although Determinism is also widespread (particularly among naturalistic pantheists - see below). Some pantheists also posit a common purpose for nature and man, while others reject the idea of purpose and view existence as existing "for its own sake". Although Schopenhauer claimed that pantheism has no ethics, pantheists maintain that pantheism is the most ethical viewpoint, pointing out that any harm done to another is doing harm to oneself, because what harms one harms all.

    ReplyDelete
  33. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Panteisme terdiri dari tiga kata, yaitu Pan, berarti seluruh, Theo, berarti Tuhan, dan Ism (Isme), berarti paham. Jadi, Pantheism atau Panteisme adalah Paham bahwa seluruhnya Tuhan. Bagi orang yang beragama islam, tentu hal ini adalah tidak benar. Karena Allah SWT satu-satunya Tuhan yang telah menciptakan segala sesuatu yang ada di alam semsta ini.

    ReplyDelete
  34. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Paham panteisme merupakan paham bahwa seluruhnya Tuhan. Jadi, seluruh alam ini adalah Tuhan dan Tuhan adalah seluruh alam. Sedangkan benda-benda yang dapat ditangkap oleh panca indera adalah bagian dari Tuhan. Panteisme mengungkapkan bahwa seseorang tidak mampu memberi batasan terhadap Tuhan dengan bahasa manusia yang terbatas. Sehingga paham ini menganggap bahwa manusia juga Tuhan padahal Tuhan tidak berubah dan abadi. Kenyataannya manusia berubah dan tidak abadi.

    ReplyDelete
  35. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Panteisme adalah sebuah paham yang mempercayai bahwa Tuhan adalah semuanya dan semuanya adalah Tuhan. Para penganut paham ini tidak percaya bahwa ada Tuhan yang personal atau individu, mereka percaya bahwa Tuhan itu adalah universal, segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan ini adalah Tuhan dan menganggap bahwa alam semesta ini sangat dekat dengan Tuhan yang mereka maksudkan, sehingga muncul anggapan bahwa Tuhan adalah alam semesta itu sendiri.

    ReplyDelete
  36. Bismillah
    RatihKartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Pantheisme erat kaitannya dengan keTuhanan dan alam. Nilai-nilai dari panteisme di alam semesta dapat dilihat melalui penekanan alam dan manusia. Penekanan alam ditandai dengan cinta yang mendalam dan rasa hormat untuk alam karena merupakan hasil ciptaan Tuhan. Semoga kita bisa menjaga alam dan menjadi bayangan Allah yang baik.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh


    ReplyDelete
  37. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Panteisme adalah suatu paham yang berpandangan bahwa seluruh alam ini adalah Tuhan dan tuhan adalah seluruh alam. Sedangkan benda-benda yang dapat ditangkap oleh panca indra adalah bagian dari Tuhan. Tuhan dalam pandangan panteisme sangat dekat dengan alam(imanen). Kritik terhadap panteisme ini berasal dari para tokoh agama, kritikan tersebut dikarenakan panteisme tidak memperhatikan moral dan mukjizat.

    ReplyDelete
  38. Pantheism adalah suatu paham yang menganggap alam semesta identik dengan ketuhanan. Dengan kata lain, Tuhan adalah alam semesta itu sendiri. Panteisme merupakan konsep ketuhanan yang nonpersonal/tidak anthropomorphic. Pada tahun 1785, ada sebuah kontroversi besar yang muncul antara Friedrich Jacobi dan Moses Mendelssohn. Jacobi mengklaim bahwa pantheisme bersifat materialistik. Maksudnya ialah bahwa seluruh alam dan Tuhan sebagai sebuah substansi yang luas. Ini adalah hasil dari pencarian logika dan akhirnya ini akan berakhir kepada atheism. Mendelssohn tidak setuju dengan menyatnakan bahwa pantheism adalah sama dengan theism.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  39. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Panteisme atau pantheisme (Yunani: πάν ( 'pan' ) = semua dan θεός ( 'theos' ) = Tuhan) secara harafiah artinya adalah "Tuhan adalah Semuanya" dan "Semua adalah Tuhan". Ini merupakan sebuah pendapat bahwa segala barang merupakan Tuhan abstrak imanen yang mencakup semuanya; atau bahwa Alam Semesta, atau alam, dan Tuhan adalah sama. Definisi yang lebih mendetail cenderung menekankan gagasan bahwa hukum alam, Keadaan, dan Alam Semesta (jumlah total dari semuanya adalah dan akan selalu) diwakili atau dipersonifikasikan dalam prinsip teologis 'Tuhan' atau 'Dewa' yang abstrak. Walau begitu, perlu dimengerti bahwa kaum panteis tidak percaya terhadap seorang Dewa atau Dewa-Dewa yang pribadi dan kreatif dalam segala bentuk, yaitu merupakan ciri khas utama yang membedakan mereka dari kaum panenteis dan pandeis. Dengan begitu, meskipun banyak agama mungkin mengklaim memiliki unsur-unsur panteis, mereka biasanya sebenarnya sejatinya panenteis atau pandeistik (https://id.wikipedia.org/wiki/Panteisme).

    Paham ini sangat bertentangan dengan akidah islam. Dalam akidah islam, Allah itu hanyalah Esa dan tidak berubah wujud menjadi banyak. Hal ini sudah diterangkan dalam firman Allah SWT dalam Al-Qur’an. Adapun salah satu surah yang menerangkan tentang ini adalah TQS. Al-Ikhlas:1-4. Ini adalah paham yang sangat berbahaya untuk dilakukan. Jika kita tidak kritis, maka kita akan menganggap bahwa paham ini adalah benar. Semoga kita diberikan perlindungan dan kritis terhadap suatu hal yang bertentangan dengan akidah kita.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  40. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Pantheisme pertama kali muncul dalam tulisan pemikir ebas Irlandia John Toland (1705) yang berasal dari akar kata yunani pan yang artinya semua dan theos yang artinya Tuhan. Panteisme adalah suatu posisi yang menganggap Universe/Alam Semesta identik dengan keTuhanan. Dengan kata lain, Tuhan adalah alam semesta itu sendiri. Panteisme merupakan konsep ketuhanan yang nonpersonal/tidak anthropomorphic. Tuhan nonpersonal umumnya merujuk pada hal-hal seperti kesadaran, energi, dan alam semesta itu sendiri.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  41. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Pantheisme adalah kepercayaan bahwa semua kenyataan adalah identik dengan ketuhanan, atau bahwa segala sesuatu memuat mencakup semua, tuhan yang tetap ada. Panteis tidak percaya pada sebuah personal atau tuhan antromofi.

    ReplyDelete
  42. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Panteisme adalah suatu posisi yang menganggap Universe/Alam Semesta identik dengan keTuhanan. Pantheisme adalah suatu paham yang memandang keseluruhan yang ada di alam ini adalah tuhan. Seorang pantheis akan melihat batu hingga kotoran sapi sebagai elemen pembentuk tuhan. Jadi bukannya mereka akan melihat batu atau daun sebagai tuhan. Bila definisi agama tidak mengikuti definisi agama menurut KBBI yang begitu sempit, maka panentheis dan pantheis bisa saja dianggap beragama. Agama-agama timur seperti hindu menggunakan konsep panentheisme.

    ReplyDelete
  43. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B S2 2016

    Beberapa menggambarkan panteisme sebagai kebalikan dari ateisme. Dari sudut pandang ini, panteisme adalah pandangan bahwa segala sesuatu adalah bagian dari mencakup segala. Semua bentuk realitas kemudian dapat dianggap baik mode Being itu, atau identik dengan itu. Beberapa berpendapat bahwa panteisme adalah posisi filosofis non-agama. Bagi mereka, panteisme adalah pandangan bahwa alam semesta (dalam arti totalitas semua eksistensi) dan Allah adalah identik (menyiratkan penolakan kepribadian dan transendensi Allah).

    ReplyDelete
  44. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Pantheisme merupakan sebuah pendapat bahwa segala barang merupakan Tuhan abstrak imanen yang mencakup semuanya atau bahwa Alam Semesta, atau alam, dan Tuhan adalah sama. Definisi yang lebih mendetail cenderung menekankan gagasan bahwa hukum alam, Keadaan, dan Alam Semesta diwakili atau dipersonifikasikan dalam prinsip teologis 'Tuhan' atau 'Dewa' yang abstrak. Walau begitu, perlu dimengerti bahwa kaum panteis tidak percaya terhadap seorang Dewa atau Dewa-Dewa yang pribadi dan kreatif dalam segala bentuk, yaitu merupakan ciri khas utama yang membedakan mereka dari kaum panenteis dan pandeis. Dengan begitu, meskipun banyak agama mungkin mengklaim memiliki unsur-unsur panteis, mereka biasanya sebenarnya sejatinya panenteis atau pandeistik.

    ReplyDelete
  45. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    PANTHEISM menganggap bahwa semuanya adalah Tuhan. mereka menganggap bahwa Tuhan bentuknya adalah abstrak. Tuhan dapat berupa berbagai bentuk, sehingga alam semesta adalah Tuhan.sehingga hukum, keadaan alam semesta ini adalah wakil ataupersonifikasi Tuhan atau Dewa ynag abstrak. Mereka tidak percaya Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  46. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Terima kasih kepada pak Marsigit atas informasi mengenai beberapa link referensi di atas tentang Pantheism. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi kami.

    ReplyDelete
  47. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Dari link http://en.wikipedia.org/wiki/Pantheism, Pantheism adalah keyakinan bahwa semua realitas identik dengan keilahian atau bahwa segala sesuatu menyusun mencakup semuanya. Panteisme tidak percaya pada Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id