Jan 13, 2013

NOMINALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Nominalism, bisa konek berikut:


Wss

41 comments:

  1. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Berdasarkan http://en.wikipedia.org/wiki/Nominalism nominalisme adalah pandangan metafisik dalam filsafat dalam predikat umum atau yang abstrak. Ada dua versi utama nominalis. Yang pertama versi versi menyangkal keberadaan universal yang dapat diturunkan atau di contohkan. Versi yang lainnya menyangkal keberadaan benda abstrak, benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu. Kebanyakan nominalists telah menyatakan bahwa hanya khusus fisik dalam ruang dan waktu yang nyata, dan bahwa universal hanya ada soal pos. namun ada beberapa versi dari nominalisme berpendapat bahwa beberapa keterangan yang abstrak (misalnya nomor). sementara yang lain adalah entitas beton - entitas yang ada dalam ruang dan waktu (misalnya, takhta, sofa, pisang

    ReplyDelete
  2. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Istilah "nominalisme" berasal dari bahasa Latin nomen, "nama." Misalnya, John Stuart Mill pernah menulis, bahwa "tidak ada yang umum kecuali nama". Nominalisme dalam arti yang lebih modern berarti penolakan terhadap benda-benda abstrak . Terdapat dua jenis Nominalisme , yaitu Realisme, dan Platonisme. Akan tetapi tidak hanya itu karena bila hanya itu seorang nihilisme juga akan dianggap sebagai nominalisme. Apa yang diperlukan bagi seorang nominalis adalah menerima keberadaan sifat, kemungkinan dunia dan proposisi mengenai benda konkret.

    ReplyDelete
  3. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Menurut nominalisme, benda-benda abstrak tidak ada dalam ruang dan waktu. Dalam matematika nominalisme berasumsi bahwa himpunan (set) itu ada. Nominalisme menegaskan bahwa ada beberapa benda yang segala sesuatunya khusus, dan ada beberapa benda konkret yang segala sesuatunya konkret sehingga tidak ada benda-benda yang abstrak dan semuanya adalah nyata.

    ReplyDelete
  4. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Nominalisme merupakan aliran filsafat yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya sebatas kata-kata yang disusun akal budi untuk mengatur keanekaan individu. Menurut pandangan ini, kumpulan benda dan makhluk tidak dapat dirangkum di dalam satu gagasan umum karana yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Kebanyakan nominalis menyatakan bahwa hanya fisik di dalam ruang dan waktulah yang nyata, dan yang lainnya hanyalah khayal. Namun beberapa versi nominalisme menyatakan bahwa beberapa ialah berwujud abstrak, misalnya angka, sementara yang lainnya adalah wujud-wujud yang memang ada di dalam ruang dan waktu, misalnya batu, meja, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  5. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Aliran nominalisme adalah aliran filsafat yang menganggap bahwa teorema umum tidak menunjuk pada realita. Apakah hal ini bertentangan dengan penalaran induktif, yang mengambil dari kejadian khusus dan kemudian disimpulkan untuk umum? Menurut saya, mungkin nominalisme adalah landasan dari penalaran induktif, karena dalam penalaran induktif kesimpulan umum berdasarkan dari kejadian khusus dan hanya beberapa saja.

    ReplyDelete
  6. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Nominalism atau dalam bahasa Indonesia berarti Nominalisme merupakan salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Aliran ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja (dalam bahasa latin disebut nomina) yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual.
    Yang menarik dikaji lebih dalam dalam aliran ini yakni menganggap bahwa “Hanya yang Individual-lah yang Nyata”.

    ReplyDelete
  7. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Nominalisme adalah pandangan metafisik dalam filsafat yang menurut istilahumum atau abstrak dan predikat ada, sementara universal atau benda abstrak,yang kadang-kadang dianggap sesuai dengan ketentuan ini, tidak ada. [1]Setidaknya ada dua versi utama nominalisme . Salah satu versi menyangkal keberadaan universal - hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (misalnya, kekuatan, manusia). Versi lainnya khusus menyangkal keberadaan benda abstrak -. Benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  8. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Nominalisme adalah pandangan metafisik dalam filsafat yang menurut istilah umum atau abstrak dan predikat ada, sementara universal atau benda abstrak, yang kadang-kadang dianggap sesuai dengan ketentuan-ketentuan ini, tidak ada. Dengan demikian, setidaknya ada dua versi utama dari nominalisme. Satu versi menyangkal keberadaan universal-hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal-hal tertentu (misalnya kekuatan, kemanusiaan). Nominalism dalam filsafat ada dua yaitu yang pertama adalah pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang abstrak. Sedabgkan yang kedua adalah pandangan yang menyatakan bahwa Nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang universal.

    ReplyDelete
  9. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagail hal diterangkan menurut apa adanya. Wahyu dan norma moral diterima seperti dan hanya karena dikehendakai oleh Tuhan tanpa alasan lain. Melalui Ockham dan Gabriel Biel, aliran nominalisme ini mempengaruhi Martin Luther dan positivisme modern yang menolak hak asasi sebagai asasi walau bukan sebagai pemberian pemerintah.

    ReplyDelete
  10. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Nominalisme adalah pandangan metafisik dalam filsafat dalam predikat umum atau yang abstrak. Ada dua versi utama nominalis. Yang pertama versi menyangkal keberadaan universal yang dapat di contohkan. Versi yang lainnya menyangkal keberadaan benda abstrak, benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu. Nominalisme menegaskan bahwa tidak ada benda-benda yang semuanya abstrak dan semuanya nyata.

    ReplyDelete
  11. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Aliran nominalism ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, sehingga gagasan tersebut hanya kata-kata saja (dalam bahasa Latin nomina) yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Aliran filsafat ini mengajarkan bahwa pengertian umum tidak mencerminkan aspek umum dan aspek yg mempunyai kesamaan tentang eksistensi suatu benda, tidak menunjuk pada kenyataan apapun, menurut aliran ini hanya yang individual lah yang nyata.

    ReplyDelete
  12. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Nominalism atau nominalisme muncul pada abad pertengahan (abad ke-12). Paham ini merupakan aliran teologis yang berusaha melawan dan mereduksi paham-paham yang bersifat universal baik dalam alam pikiran maupun dalam dunia benda-benda. Latar belakang munculnya nominalisme karena pandangan skolastisisme yang ingin menggeneralisasikan apa saja, termasuk paham mengenai iman dan Allah.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  13. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Penganut nominalism berpegang pada asumsi bahwa dunia sosial yang berada di luar alam pikiran seseorang adalah tidak lebih daripada nama-nama, konsep dan label yang digunakan untuk menstrukturkan kenyataan. Dalam paham nominalisme, semua istilah yang bersifat universal seperti istilah-istilah yang menunjukkan pembedaan genus atau spesies dan semua istilah kolektif umum, hanya merupakan nama-nama fiksional belaka dan tidak mempunyai eksistensi obyektif dan real yang berkaitan dengannya. Dengan kata lain, hanya eksisten partikular yang ada, sedangkan abstraksi, hal-hal universal, gagasan dan esensi hanya merupakan produk dari bahasa manusia dari bagaimana pikiran memahami kenyataan. Semua itu tidak menunjukkan kenyataan yang sesungguhnya karena hal-hal yang universal tidak mempunyai esensi melainkan hanya definisi-definisi dan bahasa-bahasa pada umumnya yang berhubungan dengan nama-nama atau istilah. Dengan kata lain, sebuah realitas dianggap sebagai sesuatu yang berada di luar diri seseorang.

    ReplyDelete
  14. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Nominalisme dalam metafisika, adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan universal dan benda-benda abstrak, tetapi menegaskan keberadaan syarat dan predikat umum atau abstrak (http://en.wikipedia.org/wiki/Nominalism). Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina) yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata.

    ReplyDelete
  15. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A
    Nominalisme dalam metafisika, adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan universal dan benda-benda abstrak, tetapi menegaskan keberadaan istilah umum atau abstrak dan predikat. Ada setidaknya dua versi utama nominalisme. Satu versi menyangkal keberadaan universal - hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (misalnya, kekuatan, manusia). Versi lainnya khusus menyangkal keberadaan benda abstrak - benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu. (https://en.wikipedia.org/wiki/Nominalism)

    ReplyDelete
  16. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    William Ockham, seorang tokoh nominalisme dan tokoh penting pada abad 14 dari ordo Fransiscan dan pernah memberi kuliah di universitas di kota Paris. Pendapatnya tentang kenegaraan banyak dipengaruhi oleh Aristoteles. Ia berpendapat bahwa tujuan negara adalah untuk memajukan kemakmuran dan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada warga negara agar dapat mengembangkan dirinya secara bebas. Bahkan rakyat boleh menghukum penguasa (raja) yang melanggar undang-undang, termasuk memberhentikannya karena kekuasaan raja bukanlah kekuasaan absolute melainkan dibatasi oleh undang-undang. Filsafat Ockham sering disebut nominalisme, sebagai lawan dari Thomas Aquinas dalam pemikiran Aliran Hukum Alam yang irasional bahwa rasio manusia untuk mengungkapkan kebenaran, sedangkan Ockham sebaliknya, rasio manusia tidak dapat memastikan suatu kebenaran karena pengetahuan yang ditangkap manusia hanya nama-nama (nomen, nominal) yang digunakan manusia dalam hidupnya.

    ReplyDelete
  17. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Aliran nominalisme adalah aliran filsafat yang menganggap bahwa teorema umum tidak menunjuk pada realita.Penganut nominalism berpegang pada asumsi bahwa dunia sosial yang berada di luar alam pikiran seseorang adalah tidak lebih daripada nama-nama, konsep dan label yang digunakan untuk menstrukturkan kenyataan.Nominalism dalam filsafat ada dua yaitu yang pertama adalah pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang abstrak. Sedabgkan yang kedua adalah pandangan yang menyatakan bahwa Nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang universal.

    ReplyDelete
  18. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja dalam bahasa Latin nomina yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Nominalisme dalam metafisika, adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan universal dan benda-benda abstrak, tetapi menegaskan keberadaan istilah umum atau abstrak dan predikat.

    ReplyDelete
  19. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari link tersebut, nominalisme adalah pandangan metafisik dalam filsafat yang menurut istilah umum atau abstrak dan predikat ada, sementara universal atau benda abstrak, yang kadang-kadang dianggap sesuai dengan ketentuan ini, tidak ada. Terdapat dua versi dari nominalism. Satu versi menyangkal keberadaan universal (hal yang bisa dipakai atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu, misalnya, kekuatan, kemanusiaan.). Versi lainnya khusus menyangkal keberadaan benda abstrak (benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu).

    ReplyDelete
  20. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Sebagian besar nominalists telah menyatakan bahwa hanya hal fisik dalam ruang dan waktu yang nyata, dan bahwa universal ada hanya post res, yaitu lanjutan dari hal tertentu. Namun, beberapa versi dari nominalisme menyatakan bahwa beberapa hal merupakan benda abstrak, misalnya bilangan. Sementara yang lain adalah benda nyata yaitu benda yang ada dalam ruang dan waktu, misalnya, buku, tahta, dan pisang.

    ReplyDelete
  21. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Terdapat dua sisi mngena makna dari aliran nominalism ini. Di satu sisi, arti yang paling tradisional berasal dari Abad Pertengahan, mempunyai arti “penolakan universal”. Di lain sisi, mempunyai arti “penolakan benda abstrak”. Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12.Kata 'Nominalisme', seperti yang digunakan oleh filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika, adalah ambigu. Jadi setidaknya ada dua jenis Nominalisme, salah satu menyatakan bahwa tidak ada universal, menegaskan bahwa ada benda tertentu dan bahwa segala sesuatu tertentu, dan lainnya. Salah satu lagi menyatakan bahwa tidak ada benda abstrak, menegaskan bahwa ada benda konkret dan bahwa segala sesuatu yang konkret.

    ReplyDelete
  22. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Nominalism berkenaan dengan problem universalia(paham-paham universal)yang menyatakan bahwa universalia bukanlah etitas-entitas real, baik dalam dunia maupun dalam pikiran, tetapi hanya nama-nama yang menonjol kelompok atau kelas individual. JAdi nominalism adalah ajaran yang menyangkal eksistensi hal-hal universal baik dalam pikiran maupun dalam dunia benda-benda.

    ReplyDelete
  23. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Summarily, the term nominalism means the doctrine that abstract concepts, general terms or universals have no independent existence but exist only as names. Therefore, various objects labelled by the same term have nothing in common but their name. Put another way, only actual physical particulars are real, and universals exist only subsequent to particular things, being just verbal abstractions.

    ReplyDelete
  24. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Aliran ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual.

    ReplyDelete
  25. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun.Paham ini menganggap bahwa teori adalah hal-hal yang tidak memiliki esensi, definisi dan bahasa-bahasa pada umumnya tidak menunjukkan ke hal-hal secara spesifik melainkan hanya menunjuk pada istilah-istilah (nama) yang berikan pada hal-hal itu sebagai sebuah kesepakatan, sehingga dapat dipaham bahwa nominalisme adalah ajaran yang menyangkal eksistensi hal-hal universal baik dalam alam pikiran maupun dalam dunia konkret.

    ReplyDelete
  26. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    .Penganut nominalism berpegang pada asumsi bahwa dunia sosial yang berada di luar alam pikiran seseorang adalah tidak lebih daripada nama-nama, konsep dan label yang digunakan untuk menstrukturkan kenyataan. Nominalism dalam filsafat ada dua yaitu yang pertama adalah pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang abstrak. Sedabgkan yang kedua adalah pandangan yang menyatakan bahwa Nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang universal.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  27. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Tidak adanya benda yang abstrak merupakan paham nominalisme dalam filsafat kontemporer. Para nominalis beranggapan bahwa masalah sosial itu merupakan sesuatu dari hasil pemikiran seseorang atau subyektif sebagai contoh nama benda atau nama orang merupakan kreasi seseorang untuk mendeskripsikan sesuatu. Paham realisme dan nominalisme merupakan seperti kutub utara dan selatan. Keduanya berbeda jauh. Karena paham realisme menganggap bahwa realitas sosial itu merupakan sesuatu yang berada diluar pemikiran manusia atau obyektif.

    ReplyDelete
  28. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Nominalisme merupakan pandangan metafisik dalam filsafat yang menurut istilah umum atau abstrak dan predikat ada, sementara universal atau benda abstrak, yang kadang-kadang dianggap sesuai dengan ketentuan-ketentuan ini, tidak ada. Ada dua versi utama dari nominalisme. Pertama, menyangkal keberadaan universal-hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal-hal tertentu (misalnya kekuatan, kemanusiaan). Kedua, secara khusus menolak keberadaan abstrak benda-benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu. Kebanyakan nominalists telah menyatakan bahwa hanya khusus fisik dalam ruang dan waktu yang nyata, dan bahwa universal eksis hanya posting res, yaitu, setelah hal-hal tertentu.

    ReplyDelete
  29. Nominalisme adalah paham yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja, yang disusun dari akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Dalam metafisik nominalism adalah pandangan filosofis yang menolak adanya alam semesta dan obyek abstrak dengan dua aliran yang menolak alam semesta dan yang menolak obyek abstrak.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  30. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagail hal diterangkan menurut apa adanya. Wahyu dan norma moral diterima seperti dan hanya karena dikehendakai oleh Tuhan tanpa alasan lain. Melalui Ockham dan Gabriel Biel, aliran nominalisme ini mempengaruhi Martin Luther dan positivisme modern yang menolak hak asasi sebagai asasi walau bukan sebagai pemberian pemerintah (https://id.wikipedia.org/wiki/Nominalisme).

    Dalam kepercayaan tertentu, paham ini merupakan aliran teologis yang berusaha melawan dan mereduksi paham-paham yang bersifat universal baik dalam alam pikiran maupun dalam dunia benda-benda. Sementara itu, munculnya paham ini juga dilatarbelakangi oleh pandangan skolastisisme yang ingin menggeneralisasikan apa saja, termasuk paham mengenai iman dan Allah.
    Paham ini dengan kata lain hendak mengatakan bahwa kemampuan rasional manusia tidak akan mampu memahami keilahian Allah. Oleh sebab itu, Allah harus dipahami dengan iman dan bukan dengan ilmu pengetahuan. Ternyata, paham ini berkembang pesat dan mempengaruhi teologi kepercayaan tertentu tersebut. Dampak langsung nominalisme bagi kepercayaan tertentu tersebut antara lain adanya separasi antara iman dan akal budi yang selanjutnya menjadi salah satu pengaruh munculnya reformasi kepercayaan tertentu tersebut yang dipelopori Martin Luther.

    Namun, dalam islam, tidak ada pemisahan antara Allah dengan kehidupan termasuk ilmu pengetahuan. Perkembangan ilmu pengetahuan dipandu dengan Al-Qur’an. Bahkan Al-Qur’an menjadi awal berkembangnya ilmu pengetahuan, dan manusia berfungsi untuk membuktikan apa yang ada dalam Al-Qur’an. Islam merupakan sebuah ideologi, sehingga memancarkan aturan kehidupan manusia. Islam juga memberi solusi yang komprehensif terhadap segala jenis permasalahan manusia baik masalah ekonomi, pendidikan, sosial, politik, dll. Sehingga, hukum islam menyatu dalam aktivitas manusia, dari bangun tidur sampai bangun negara, dan dari masuk kamar mandi sampai masuk surga.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  31. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang sudah muncul pada abad XI melalui pribadi Roscelin. Nominalisme berkembang pada Abad Pertengahan dengan mengajarkan bahwa nama-nama (Lat. Nomina) benda, meskipun berguna untuk membut klasifikasi, sebenarnya tidak dapat menggambarkan realitas. Dalam paham ini, segala hal yang berkaitan dengan universalia dilawan karena dianggap tidak mempunyai esensi dibandingkan dengan keberadaan benda itu sendiri. Paham ini dengan kata lain hendak mengatakan bahwa kemampuan rasional manusia tidak akan mampu memahami keilahian Allah. Oleh sebab itu, Allah harus dipahami dengan iman dan bukan dengan ilmu pengetahuan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  32. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Nominalisme di dalam metafisik, adalh sebuah pandangan filosofis yang menolajk eksistensi universala dan objek abstark, tetapi menguatkan keberadan istilah abstrak dan istilah umum dan predikat. Ada minimal dua versi utama dari nominalisme. Satu versi menolakeksistensi universal-sesuatu yang dapat di inisiasikan atau dicontohkan dengan sesuatu yang khusu(misal kekuatan, kemanusiaan). Versi lain adalah secara khusus menolak keberadaan objek abastrak, yaitu objek yang tidak eksis di ruang dan waktu

    ReplyDelete
  33. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    Aliran Nominalisme merupakan aliran filsafat yang menganngap gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk kepada kenyataan. Paham nominalisme menolak sesuatu yang abstrak. Aktivitas sosial merupakan sesuatu yang objektif yang berada di luar pemikiran manusia.

    ReplyDelete
  34. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Nomainalism adalah aliran filsafat yg mengajarkan bahwa pengertian umum tidak mencerminkan aspek umum dan aspek yg mempunyai kesamaan tt eksistensi suatu benda. Penganut nominalis beranggapan bahwa masalah sosial itu merupakan sesuatu dari hasil pemikiran seseorang (subyektif) sebagai contoh nama benda atau nama orang merupakan kreasi seseorang untuk mendiskripsikan sesuatu.

    ReplyDelete
  35. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B S2 2016

    Nominalisme dalam metafisika, adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan universal dan benda-benda abstrak, tetapi menegaskan keberadaan syarat dan predikat umum atau abstrak. Setidaknya ada dua versi utama nominalisme. Satu versi menyangkal keberadaan universal atau hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (misalnya, kekuatan, manusia). Versi lainnya khusus menyangkal keberadaan benda abstrak - benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  36. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas.

    ReplyDelete
  37. Musa marengke
    PEP Kelas A, 2016
    Istilah nominalisme kurang terdengar dalam ilmu-ilmu ontropologi sebab ia hanya membicarakan soal pandangan yang umum sifatnya dalam ilmu-ilmu murni.

    ReplyDelete
  38. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    NOMINALISM menampilkan padangan minimal berkenaan dengan berbagai masalah universalia yang menyatakan bahwa universalia bukanlah entitas-entitas real, baik dalam dunia, atau pikiran. Tetapi hanya nama-nama yang menuju kelompok atau kelas hal-hal individual. Pandangan normalism sulit dibedakan dari beberapa bentuk konseptualisme.

    ReplyDelete
  39. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Terima kasih kepada pak Marsigit atas informasi mengenai beberapa link referensi di atas tentang Nominalism. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi kami.

    ReplyDelete
  40. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Dari link http://en.wikipedia.org/wiki/Nominalism, Nominalisme dalam metafisika, adalah pandangan filosofis yang menyangkal keberadaan universal dan benda-benda abstrak, tetapi menegaskan keberadaan syarat dan predikat umum atau abstrak. Setidaknya ada dua versi utama nominalisme. Versi pertama menyangkal keberadaan universal - hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (misalnya, kekuatan, manusia). Versi lainnya khusus menyangkal keberadaan benda abstrak. Benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  41. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Nominalism muncul sebagai reaksi terhadap masalah universal. Nominalisme menyangkal keberadaan universals. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja yang disusun akal budi sebagai tanda untuk mengatur keanekaan individual.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id