Jan 13, 2013

HEURISTICISM





Ass, jika ingin membaca tentang Heuristicism, bisa konek berikut:


Wss

35 comments:

  1. Rhomiy handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Menurut sumber yang saya baca tentang hermeneutics, saya dapat mengartikan hermeneutics adalah sebagai suatu penafsiran. Hal yang ditafsirkan meliputi karya-karya kuno. Seperti salah satunya adalah menafsirkan tentang kitab suci Al-Qur’an. Bahasa Al-Qur’an sebenarnya sangat sulit dipahami oleh kebanyakan orang, setelah ada ilmu penafsiran, maka sekelompok orang dapat menafsirkan Al-Qur’an sesuai dengan arti yang sebenar-benarnya. Jika tidak ada suatu ilmu penafsiran atau hermeneutics, maka akan banyak sekali pertentangan-pertentangan akan isi kitab tersebut.
    Sehingga menurut saya, ilmu hermeneutics sangatlah penting dalam penunjuk atau pencerah kehidupan manusia pada umumnya.

    ReplyDelete
  2. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Kata heuristik mengacu pada pengalaman berbasis teknik untuk pemecahan masalah, belajar, dan penemuan yang memberikan solusi yang tidak dijamin akan optimal. Metode ini digunakan untuk mempercepat proses pemecahan masalah, pada akhirnya menemukan solusi yang memuaskan. Dengan kata lain metode ini merupakan metode untuk mendapatkan jalan pintas. Sehingga dapat meringankan beban kognitif pada saat mengambil keputusan, metode ini tidak membebani secara mental. Metode ini mencakup metode yang praktis dan mudah diakses. Heuristik ini dapat diterapkan pada berbagai bidang ilmu pengetahuan, sebagai contoh dalam sejarah. Heuristik merupakan bagian dari penelitian sejarah. http://en.wikipedia.org/wiki/Heuristic

    ReplyDelete
  3. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Heuristic mengacu pada pengalaman berbasis teknik untuk pemecahan masalah, belajar, dan penemuan yang menemukan solusi yang tidak dijamin optimal, tapi cukup baik untuk a mengingat serangkaian tujuan. Dimana pencarian lengkap tidak praktis, metode heuristik yang digunakan untuk mempercepat proses pencarian solusi yang memuaskan melalui jalan pintas mental untuk meringankan beban kognitif membuat keputusan. Contoh metode ini termasuk menggunakan aturan praktis, tebakan, sebuah penilaian intuitif, stereotip, profil, atau akal sehat.

    ReplyDelete
  4. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Heuristik merupakan seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan. Heuristik yang berkaitan dengan pemecahan masalah adalah menujukan pemikiran seseorang dalam melakukan proses pemecahan sampai masalah tersebut berhasil dipecahkan. Proses tersebut berbeda dengan algoritma yang hanya digunakan sebagai garis pedoman. Heuristik mungkin tidak selalu mencapai hasil yang diinginkan atau memecahkan masalah atau mungin justru menimbulkan masalah baru untuk dipecahkan, tetapi proses heuristik ini sangat berharga sebagai proses berpikir seseorang karena pada proses pemecahan masalah banyak menuntut pemikiran relasional antar komponen yang membentuk masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas pemikiran yang lebih tinggi. Heuristik yang baik secara dramatis dapat mengurangi waktu yang diperlukan dalam memecahkan masalah.

    ReplyDelete
  5. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Heuristik berkaitan dengan penemuan, dan heuritisisme adalah psalah satu aliran filsafat mengenai heuristik. Manusia dituntut untuk selalu berkembang, oleh karena itu dalam seiring berjalannya waktu sering terdapat penemuan-penemuan baru. Penemuan tersebut adalah sebagai suatu ikhtiar manusia sebagai khalifah di bumi. Dalam rangka menjaga bumi, manusia mengadakan berbagai penelitian yang berguna bagi bumi dan umat manusia. Peneliti yang berikhtiar dan berhasil menemukan suatu penemuan berarti Allah telah menakdirkannya untuk menemukan penemuan, dan Allah meridhoi. Semoga kita menjadi seseorang yang selalu haus akan ilmu sehingga dapat melakukan suatu pengembangan-pengembangan yang baik.

    ReplyDelete
  6. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Heuristik berasal dari bahasa yunani kuno yang berarti "menemukan" . Heuristik sering disebut pendekatan untuk pemecahan masalah dalam belajar, atau penemuan yang menggunakan metode praktis tetapi tidak menjamin akan optimal atau sempurna, tapi cukup untuk menemukan tujuan dari pemecahan masalah tersebut. Metode heuristik dapat digunakan untuk mempercepat proses pencarian solusi yang memuaskan.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Secara singkat, heuriticism berarti tafsir.
    Tafsir yang dimiliki setiap manusia tentulah berbeda-beda, dalam konsep yang lebih luas bagaimana manusia menafsirkan hidup mereka merupakan persoalan kompleks yang tidak dapat dijawab oleh umur.

    Bagaimanapun kita menafsirkan hidup yang kita miliki, tujuan hidup kita di dunia adalah untuk beribadah kepada Allah. Beribadahlah, karena Allah.

    ReplyDelete
  9. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Heuristik adalah seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan. Kata ini berasal dari akar yang sama dalam bahasa Yunani dengan kata "eureka", berarti 'untuk menemukan. Heuristik adalah suatu cara pengelesaian masalah, belajar dan penemuan dengan berdasarkan pengalaman.Heuristik yang berkaitan dengan pemecahan masalah adalah cara menunjukan pemikiran seseorang dalam melakukan proses pemecahan sampai masalah tersebut berhasil dipecahkan..

    ReplyDelete
  10. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Heuristik (pron.: / hjʉrɪstɨk /; Yunani: "Εὑρίσκω", "menemukan" atau "discover") mengacu pada teknik berbasis pengalaman untuk pemecahan masalah, belajar, dan penemuan yang memberikan solusi yang tidak dijamin akan optimal. Dalam tradisi filsafat, heuristik berarti faktor-faktor non-ilmiyah yang memberikan pengaruh menentukan bagi perkembangan ilmu, bahkan dapat melahirkan cabang ilmu baru. Satu contoh adalah perkembangan industri di abad ke-18, yang dengan berbagai implikasi sosialnya melahirkan ilmu sosiologi. Atau penggunaan tehnologi secara besar-besaran untuk eksploitasi alam, yang melahirkan ilmu baru: ekologi.nSecara sederhana bisa dikatakan, bahwa semua faktor eksternal yang mempengaruhi, atau bahkan memberikan inovasi baru terhadap kehidupan kita, adalah heuristik. Dr. Mahmud Ismail mengatakan "Saya merasa bahwa tugas utama saya adalah menyadari apa yang terjadi di sekitar saya, menganalisa dan memberikan konstribusi positif ataupun solusi yang diperlukan". Dan itulah sebenarnya tugas dari kita semua. Maka, kepekaan terhadap fenomena sosial itulah, yang sebenarnya menjadi fenomena heuristik dalam diri manusia. Bisa kita jadikan standar, bahwa manusia yang mempunyai sense of social crisis lebih tinggi, lebih mudah untuk membentuk diri menjadi masyarakat yang adil, terbuka dan demokratis. Dengan kata lain, lebih siap untuk maju.

    ReplyDelete
  11. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Heuristicism atau heuristik berasal dari bahasa yunani eureka yang berarti untuk menemukan. Heuristik sendiri merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan. Dalam pembelajaran di kelas guru juga menggunakan model pembelajaran yang berhubungan dengan penemuan. Siswa menemukan konsep sendiri, misalnya model pembelajaran discovery learning.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  12. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Heuristik merupakan seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan. Manusia dituntut untuk selalu berkembang, oleh karena itu dalam seiring berjalannya waktu sering terdapat penemuan-penemuan baru. Oleh sebab itulah guru di sekolah seharusnya dapat menerapkan konsep penemuan ini pada siswa nya sehingga matematika anak dapat berkembang.

    ReplyDelete
  13. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Heuristik adalah seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan dan berkaitan dengan pemecahan masalah. Heuristik berasal dari kata Yunani, heuriskein yang artinya menemukan adalah cara seseorang dalam melakukan proses pemecahan sampai masalah tersebut berhasil dipecahkan. Heuristik mungkin tidak selalu mencapai hasil yang diinginkan atau memecahkan masalah bahkan mungkin justru menimbulkan masalah baru untuk dipecahkan. Akan tetapi, proses heuristik ini dapat mengasah cara berpikir seseorang sehingga dapat meningkatkan kualitas seseorang dalam berpikir.

    ReplyDelete
  14. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016
    Heuristic merupakan proses penting untuk mengambil kesimpulan dari berbagai informasi yang individu terima. Heuristic merupakan jalan pintas menuju pengambilan keputusan dan menentukan pilihan terhadap sesuatu masalah. Akan tetapi permasalahan utama adalah bahwa penggunaan heuristic ini tidak selamanya menghasilkan kesimpulan dan keputusan yang tepat karena heuristic sangat berpotensi untuk bias dalam artian suatu keadaan ketika individu menilai bahwa sebuah penyebab (causes) itu terjadi karena kemunculan dua hal yang pada saat yang sama muncul sehingga yang satu dianggap menyebabkan yang lain, padahal sebetulnya tidak ada keterkaitan nyata dan yang satu bukanlah penyebab atau akibat dari yang lain.

    ReplyDelete
  15. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dari link https://en.wikipedia.org/wiki/Heuristic dikatakan bahwa “often called simply a heuristic, is any approach to problem solving, learning, or discovery that employs a practical method not guaranteed to be optimal or perfect, but sufficient for the immediate goals”. Yang bermakna bahwa heuristic adalah setiap pendekatan pemecahan masalah, belajar, atau penemuan yang menggunakan metode praktis tidak ada jaminan aptimal atau kesempurnaannya. Contoh metode ini termasuk menggunakan aturan praktis, tebakan, sebuah penilaian intuitif dst. Meski dari sisi penggunaan waktu lebih baik, metode heuristic tidak baik dari sisi estetik bahkan sebagian etiknya.

    ReplyDelete
  16. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Heuristik adalah setiap pendekatan pemecahan masalah, Pembelajaran, atau penemuan yang menggunakan metode praktis tidak dijamin akan optimal atau sempurna, tapi cukup untuk tujuan mendesak. Dimana menemukan solusi optimal adalah tidak mungkin atau tidak praktis, metode heuristik dapat digunakan untuk mempercepat proses pencarian solusi yang memuaskan. Heuristik bisa menjadi cara pintas mental untuk meringankan beban kognitif dalam membuat keputusan. Contoh metode ini termasuk menggunakan aturan praktis, tebakan, sebuah penilaian intuitif, dan akal sehat. (https://en.wikipedia.org/wiki/Heuristic)

    ReplyDelete
  17. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Pandangan heuristik atau heuristisisme (arti heuristik adalah menemukan), dalam pandangan ini ilmu dilihat lebih dari sekedar aktivitas, penekanannya terutama pada teori dan skema konseptual yang saling berkaitan yang sangat penting bagi penelitian. Dalam pandangan ini fungsi ilmu adalah untuk membentuk hukum-hukum umum yang melingkupi prilaku dari kejadian-kejadian empiris atau objek empiris yang menjadi perhatiannya sehingga memberikan kemampuan menghubungkan berbagai kejadian yang terpisah-pisah serta dapat secara tepat memprediksi kejadian-kejadian masa datang.

    ReplyDelete
  18. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    seperti dikemukakan oleh Braithwaite dalam bukunya Scientific Explanation bahwa the function of science… is to establish general laws covering the behaviour of the empirical events or objects with which the science in question is concerned, and thereby to enable us to connect together our knowledge of the separately known events, and to make reliable predictions of events as yet unknown.

    ReplyDelete
  19. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Heuristik yang berkaitan dengan pemecahan masalah adalah menujukan pemikiran seseorang dalam melakukan proses pemecahan sampai masalah tersebut berhasil dipecahkan. Proses tersebut berbeda dengan algoritma yang hanya digunakan sebagai garis pedoman. Heuristik mungkin tidak selalu mencapai hasil yang diinginkan atau memecahkan masalah atau mungin justru menimbulkan masalah baru untuk dipecahkan.

    ReplyDelete
  20. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Dengan kata lain metode ini merupakan metode untuk mendapatkan jalan pintas. Sehingga dapat meringankan beban kognitif pada saat mengambil keputusan, metode ini tidak membebani secara mental. Metode ini mencakup metode yang praktis dan mudah diakses. Heuristik ini dapat diterapkan pada berbagai bidang ilmu pengetahuan, sebagai contoh dalam sejarah.Akan tetapi permasalahan utama adalah bahwa penggunaan heuristic ini tidak selamanya menghasilkan kesimpulan dan keputusan yang tepat karena heuristic sangat berpotensi untuk bias dalam artian suatu keadaan ketika individu menilai bahwa sebuah penyebab itu terjadi karena kemunculan dua hal yang pada saat yang sama.

    ReplyDelete
  21. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang heuriticism dalam filsafat. InsyaAllah link tersebut dan isinya akan bermanfaat bagi seluruh pembaca dalam blog ini khususnya saya, mungkin sekarang, besok, atau seterusnya. Semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Amin.

    ReplyDelete
  22. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari link tersebut, sebuah teknik heuristik atau yang biasanya sering disebut dengan heuristik, adalah segala pendekatan untuk pemecahan masalah, belajar, atau penemuan yang menggunakan metode praktik, tidak dijamin akan optimal atau sempurna, tetapi cukup untuk mencapai tujuan.

    ReplyDelete
  23. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Meski menemukan solusi yang optimal tidak mungkin atau tidak praktis, metode heuristik dapat digunakan untuk mempercepat proses pencarian solusi yang memuaskan. Heuristik dapat menjadi jalan pintas untuk mental yang akan meringankan beban kognitif seseorang dalam membuat keputusan. Contoh dari metode ini yaitu tebakan mendidik, sebuah penilaian intuitif, stereotyping, profiling, atau akal.

    ReplyDelete
  24. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Heuristik dapat digunakan untuk mempercepat proses pencarian solusi yang memuaskan. Heuristik biasanya didorong oleh rangsangan yang ada di lingkungan yang mengacu kecenderungan untuk mendasarkan penilaian pada informasi yang tersedia. Contoh metode ini yakni aturan praktis, tebakan, sebuah penilaian intuitif, stereotip, atau akal sehat.

    ReplyDelete
  25. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Heuristikme merupakan paham yang berhubungan dengan cara penemuan cara menyelesaikan masalah secara ilmiah. Heuristik mempunyai fungsi yang berhubungan mutlak antara ilmu dengan pengertian dan sikap luar ilmu. Heuristikme ini terkait dengan segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada yang mendahului ilmu atau proses dalam menemukan suatu metode. Jadi paham heuristikme sangat bergantung pada ilm pengetahuan dan kemudian menghubungkannya dengan masalah dunia nyata.

    ReplyDelete
  26. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Heuristik meruapakan suatu penuntun yang diperlukan dalam menyelesaikan sutau masalah yang dapat mengarahkan pemecah masalah untuk menemukan sebuah penyelesaian yang telah diberikan. Heuristik strategi berasal dari pengalaman dengan masalah yang sama, menggunakan sebuah metode yang mudah diakses serta informasi untuk mengendalikan pemecahan masalah dalam diri manusia,dan isu-isu abstrak.

    ReplyDelete
  27. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Allow me to explain this one. I think a big key to philosophical creativity is "not falling into how everyone else thinks" about a given issue. It's very easy to fall into conventional patterns of thinking if you just immerse yourself in the literature and think from within in it. Instead, read up on the literature -- but then, once you have a "feeling" that the literature has gone off the right track, try to set it aside *entirely* and just try to work out everything from the ground up in a way that you might try to put together an intuitive story for a smart undergraduate. My experience is that. when I do this -- when I set aside the literature and try look at a problem "with fresh eyes" -- I tend to come up with arguments and positions quite different than those already out there in the literature.

    ReplyDelete
  28. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Heuristic adalah suatu bentuk pengalaman dalam menyelesaikan suatu masalah, dalam pembelajaran dan dalam menemukan suatu solusi yang sebenarnya solusi tersebut belum pasti.
    Heuristic dalam pembelajaran sangat diperlukan karena apabila siswa dalam mempelajari suatu materi tersebut itu dengan melakukan percobaan dan berusaha sendiri maka siswa akan lebih mengerti dibandingkan selalu diarahkan oleh guru.

    ReplyDelete
  29. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Heuristik merujuk pada cara orang memecahkan masalah. Proses tersebut tidak mesti berjalan lancar, bisa jadi masalah terpecahkan atau justru timbul masalah lain yang baru. Selain itu hal ini mencakup metode, praktik, pendekatan untuk memecahkan masalah.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh


    ReplyDelete
  30. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Di dalam pembelajaran pengalaman pribadi untuk mengkonstruk dan mendapatkan pengetahuan merupakan hal yang sangat penting. Inilah yang kemudian dikenal dengan istilah heuristik. Dengan melakukan percobaanya sendiri untuk membangun pengetahuannya, maka siswa akan lebih memahami konsep pengetahuan itu dan akan leih mudah diingat daripada penegtahuan yang anya diperoleh mlalui penjelasan dari guru. Di sini guru bertindak sebagai fasilitator dalam menjembatani siswa menggapai pengetahuannya. Jadi siswa berusaha membangun pengetahuannya sendiri dengan cara mencari informasi dari berbagai sumber.

    ReplyDelete
  31. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Heuristik berasal dari kata heuriskein yang berarti “saya menemukan”. Sehingga ini dijadikan langkah untuk menemukan makna yang ada. Heuristik juga mempunyai cara berpikir yaitu berpikir yang divergen menuju kebeberapa target sekaligus. Sehingga ini bisa dijadikan untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu masalah, dan aktualisasi pemikiran yang terus menerus bekerja. Jadi heuristik berupa upaya mencari dan mengumpulkan sumber-sumber yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji.

    ReplyDelete
  32. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Heuristik adalah aturan sederhana untuk membuat keputusan kompleks atau untuk menarik kesimpulan secara cepat. Proses heuristik ini penting dalam proses berpikir seseorang dimana pada proses pemecahan masalah banyak menuntut pemikiran relasional antar komponen yang membentuk masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas pemikiran yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
  33. Heuristicism adalah seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan. Kata ini berasal dari akar yang sama dalam bahasa Yunani dengan kata "eureka", berarti 'untuk menemukan'. Heuristik yang berkaitan dengan pemecahan masalah adalah cara menujukan pemikiran seseorang dalam melakukan proses pemecahan sampai masalah tersebut berhasil dipecahkan. Dalam prosesnya heuristicism mungkin tidak selalu berhasil dalam memecahkan masalahanya, kadang justru timbul masalah baru, tapi heuristicism juga disebut sebagai jalan pintas bagi penyelesaian masalah karena secara dramatis mengurangi waktu dalam mempertimabangkan hal-hal atau kompenen yang tidak penting.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  34. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Heuristis merupakan seperangkat prosedur analitis yang diawali dengan dugaan yang tepat serta digunakan untuk mengecek ulang sebelum memberi sebuah kepastian.
    Mengecek kembali sebuah informasi kebenaran juga amat penting, karena dengan seperti itu kita akan terhindar dari sikap terburu-buru. Pengecekan kembali terhadap suatu perbuatan juga bisa dinamakan dengan tabayyun (konfirmasi ulang). Misalnya ada seseorang yang melakukan kesalahan, tetapi seorang yang lain tidak langsung menyalahkan pelakunya, tetapi bertanya terlebih dahulu perihal apa yang dilakukannya itu benar atau sebaliknya.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  35. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Heuristik adalah seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan. Kata ini berasal dari akar yang sama dalam bahasa Yunani dengan kata "eureka", berarti 'untuk menemukan'. Heuristik yang berkaitan dengan pemecahan masalah adalah cara menujukan pemikiran seseorang dalam melakukan proses pemecahan sampai masalah tersebut berhasil dipecahkan. Ini berbeda dari algoritma di mana hanya digunakan sebagai peraturan atau garis pedoman, bertentangan dengan prosedur invarian. Pendekatan pemecahahan masalahnya menggunakan metode praktis yg tidak ada jaminan aptimal atau kesempurnaannya. Dengan kata lain metode ini merupakan metode untuk mendapatkan jalan pintas. Sehingga dapat meringankan beban kognitif pada saat mengambil keputusan, metode ini tidak membebani secara mental.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id