Jan 13, 2013

FUNCTIONALISM





Ass, jika ingin membaca tentang Functionalism, bisa konek berikut:


Wss

44 comments:

  1. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Fungsionalisme adalah aliran filsafat yang memandang manusia secara menyeluruh dan menyatakan bahwa apa yang membuat sakit, ingin tahu bergantung pada sistem kognitif atau terhadap stimulasi sensorik ,keadaan mental, dan perilaku. Paham ini bersifat netral antara materialisme dan dualisme. Terdapat dua metode yang biasa digunakan dalam paham ini. Pertama, metode observasi dimana tingkah laku terbagi menjadi metode fisiologis dan variasi kondisi. Sedangkan yang kedua adalah metode instropeksi.

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Fungsionalisme adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer, dikembangkan terutama sebagai alternatif kedua teori identitas pikiran dan behaviorisme. Ide utamanya adalah bahwa keadaan mental (keyakinan, keinginan, karena sakit, dll) yang dibentuk sendiri oleh peran fungsional mereka , yaitu mereka yang hubungan kausal dengan negara-negara lain mental, masukan sensorik, dan output perilaku .Fungsionalisme adalah tingkat teoritis antara pelaksanaan fisik dan output perilaku. Karena kondisi mental yang diidentifikasi oleh peran fungsional, mereka mengatakan akan direalisasikan pada beberapa tingkat; dengan kata lain, mereka mampu diwujudkan dalam berbagai sistem, bahkan mungkin komputer, asalkan sistem melakukan fungsi yang sesuai.

    ReplyDelete
  3. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Fungsionalisme adalah aliran yang berpandangan bahwa fenomena mental dalam kesatuan dinamis sebagai suatu sistem dari fungsi. Mereka lebih menekankan pada fungsi mental daripada elemen-elemen mental. Fungsionalisme melihat masyarakat sebagai sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Satu bagian tidak bisa dipahami terpisah dari keseluruhan. Dengan demikian, dalam perspektif fungsionalisme ada beberapa persyaratan atau kebutuhan fungsional yang harus dipenuhi agar sebuah sistem sosial di masyarakat bisa bertahan. Sistem tersebut harus bekerja sama untuk mempromosikan solidaritas dan stabilitas.

    ReplyDelete
  4. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Dari wikipedia menyatakan bahwa fungsionalisme adalah teori filsafat yang menganggap fenomena mental dalam kesatuan dinamis sebagai suatu sistem dari fungsi untuk pemuasan kebutuhan yang sifatnya biologis. Hal tersebut mirip dengan paham uniformitarianisme, yang menyebutkan bahwa ilmu merupakan suatu kesatuan dari keseragaman yang ada. Segala yang ada dan yang mungkin ada banyak terjadi sebagai suatu kesatuan atau sistem. Seperti halnya manusia dituntut untuk menyatukan antara idealita dan realita, begitu juga dalam persekolahan dan sebagainya

    ReplyDelete
  5. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Functionalism atau dalam bahasa Indonesia disebut fungsionalisme, pertama kali dicetuskan oleh David Mitrany sekitar abad ke-20.
    Functionalism merupakan teori paling tua yang membahas tentang integrasi, dimana ia membangun “perdamaian dengan potongan-potongan” lewat organisasi transnasional yang fokus pada kedaulatan bersama dibandingkan menyerahkan kedaulatan pada masing-masing negara pada sebuah institusi supranasional.

    Oleh karena itu pada intinya, functionalism berusaha untuk membuat negara saling bekerjasama dimulai dari hal-hal yang kecil sehingga setiap negara dapat saling bekerjasama tanpa memikirkan kepentingan nasionalnya dan pada akhirnya terciptalah kedamaian.

    ReplyDelete
  6. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Fungsionalisme adalah teori paling tua yang membahas integrasi, dimana ia membangun ‘perdamaian dengan potongan-potongan’ lewat organisasi transnasional yang fokus pada kedaulatan bersama ketimbang menyerahkan kedaulatan masing-masing negara pada sebuah institusi supranasional.Dengan kerjasama funsional akan mendorong komponen Negara untuk bergabung dalam badan-badan yang bersifat non-politis dan akan menguntungkan secara timbale balik sesuai dengan kepeentingan nasionalnya.
    JADI, intinya funsionalisme berusaha untuk membuat negara saling bekerja sama dimulai dari hal-hal yang kecil misalnya masalah lingkungan, kesehatan, dsb sehingga negara dapat bekerjasama tanpa memikirkan lagi kepentingan nasionalnya dan terjadilah perdamaian.

    ReplyDelete
  7. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Fungsionalisme adalah orientasi dalam psikologi yang menekankan pada proses mental dan menghargai manfaat psikologi serta mempelajari fungsi-fungsi kesadaran dalam menjembatani antara kebutuhan manusia dan lingkungannya. Maksudnya, Fungsionalisme memandang bahwa masyarakat adalah sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu sama lain dan tak bisa dipahami secara terpisah. Fungsionalisme adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer, dikembangkan terutama sebagai alternatif kedua teori identitas pikiran dan behaviorisme. Ide utamanya adalah bahwa keadaan mental (keyakinan, keinginan, menjadi sakit, dll) yang dibentuk semata-mata oleh peran fungsional mereka -. Yaitu, mereka adalah hubungan kausal untuk negara-negara lain mental, masukan sensorik, dan output perilaku. Fungsionalisme adalah sebuah studi tentang operasi mental, mempelajari fungsi-fungsi kesadaran dalam menjembatani antara kebutuhan manusia dan lingkungannya. Fungsionalisme menekankan pada totalitas dalam hubungan pikiran and perilaku. Dengan demikian, hubungan antar manusia dengan lingkungannya merupakan bentuk manifestasi dari pikiran dan perilaku.

    ReplyDelete
  8. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Menurut link yang Bapak bagikan di atas functionalism atau fungsionalisme merupakan aliran filsafat yang memandang fenomena mental dalam kesatuan dinamis sebagai suatu sistem dari fungsi untuk pemuasan kebutuhan yang sifatnya biologis. Aliran ini juga memandang bahwa manusia harus dipandang secara menyeluruh, setiap perbuatan manusia mempunyai maksud tertentu bukan hanya disebabkan sesuatu. Fungsionalisme memandang penting kemampuan individu untuk berubah sesuai tuntutan lingkungannya.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  9. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan matematika B 2016

    Fungsionalisme dicetuskan oleh David Mitrany sekitar abad ke 20-an yang merupakan turunan dari liberalism. Fungsionalisme adalah pendekatan yang penting bagi institusi internasional sebagai sebuah “working peace system”. ungsionalisme adalah teori paling tua yang membahas integrasi, dimana ia membangun ‘perdamaian dengan potongan-potongan’ lewat organisasi transnasional yang fokus pada kedaulatan bersama ketimbang menyerahkan kedaulatan masing-masing negara pada sebuah institusi supranasional.Dengan kerjasama funsional akan mendorong komponen Negara untuk bergabung dalam badan-badan yang bersifat non-politis dan akan menguntungkan secara timbale balik sesuai dengan kepeentingan nasionalnya. JADI, intinya funsionalisme berusaha untuk membuat negara saling bekerja sama dimulai dari hal-hal yang kecil misalnya masalah lingkungan, kesehatan, dsb sehingga negara dapat bekerjasama tanpa memikirkan lagi kepentingan nasionalnya dan terjadilah perdamaian.

    ReplyDelete
  10. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Fungsionalisme adalah aliran yang berpandangan bahwa fenomena mental dalam kesatuan dinamis sebagai suatu sistem dari fungsi. Segala yang ada dan yang mungkin ada banyak terjadi sebagai suatu kesatuan atau sistem. Seperti halnya manusia dituntut untuk menyatukan antara idealita dan realita, begitu juga dalam persekolahan dan sebagainya.

    ReplyDelete
  11. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Fungsionalisme memandang bahwa masyarakat adalah sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu sama lain dan tak bisa dipahami secara terpisah.
    Satu bagian tidak bisa dipahami terpisah dari keseluruhan karena saling berkaitan. Oleh karena itu, dalam pandangan fungsionalisme ada beberapa persyaratan atau kebutuhan fungsional yang harus dipenuhi agar sebuah sistem sosial bisa bertahan.

    ReplyDelete
  12. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Fungsionalisme adalah sebuah studi tentang operasi mental, mempelajari fungsi-fungsi kesadaran dalam menjembatani antara kebutuhan manusia dan lingkungannya. Fungsionalisme menekankan pada totalitas dalam hubungan pikiran and perilaku. Dengan demikian, hubungan antar manusia dengan lingkungannya merupakan bentuk manifestasi dari pikiran dan perilaku.

    ReplyDelete
  13. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Fungsionalisme memandang bahwa pikiran, proses mental, persepsi indrawi, dan emosi adalah adaptasi organisme biologis. Fungsionalisme lebih menekankan pada fungsi-fungsi dan bukan hanya fakta-fakta dari fenomena mental, atau berusaha menafsirkan fenomena mental dalam kaitan dengan peranan yang dimainkannya dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  14. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    dalam pandangan fungsionalisme ada beberapa persyaratan atau kebutuhan fungsional yang harus dipenuhi agar sebuah sistem sosial bisa bertahan. Dimana Satu bagian tidak bisa dipahami terpisah dari keseluruhan. Fungsionalisme tidak menolak substansi imaterial, tetapi menyatakan bahwa pada akhirnya semua substansi bersifat material. Dalam kehidupan social masyarakat Fungsionalisme melihat masyarakat sebagai sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu dengan lainnya.

    ReplyDelete
  15. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Fungsionalisme adalah teori tentang sifat mental. Menurut fungsionalisme, keadaan mental diidentifikasi oleh apa yang mereka lakukan bukan dengan apa yang mereka perbuat. Hal ini dapat dipahami dengan memikirkan artefak seperti perangkap tikus dan kunci. Secara khusus, motiv asli untuk fungsionalisme berasal dari perbandingan pikiran dengan komputer. Tapi itu hanya analogi. Argumen utama untuk fungsionalisme tergantung pada menunjukkan bahwa itu adalah unggul dari pesaing utamanya: teori identitas dan behaviorisme. (http://www.iep.utm.edu/functism/)

    ReplyDelete
  16. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Dari beberapa link dan komentar yang telah diungkapkan sebelumnya, teori fungsionalis mungkin mencirikan rasa sakit adalah sebagai kondisi yang diakibatkan oleh cedera, untuk menciptakan kesadaran bahwa terjadi sesuatu yang salah dengan tubuh dan berkeinginan untuk ingin keluar dari kondisi itu, menghasilkan kondisi cemas dan hilangnya tenaga, pertentangan akan keinginan, dan menyebabkan tubuh meringis dan mengerang. Menurut teori ini, semua dan hanya makhluk dengan keadaan internal yang mendapatkan kondisi seperti ini atau memainkan peran seperti kondisi ini, alah yang sanggup dikatakan sakit.

    ReplyDelete
  17. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Fungsionalisme adalah tingkat teoritis antara pelaksanaan fisik dan output perilaku. Karena kondisi mental yang diidentifikasi oleh peran fungsional, mereka mengatakan akan direalisasikan pada beberapa tingkat; dengan kata lain, mereka mampu diwujudkan dalam berbagai sistem, bahkan mungkin komputer, asalkan sistem melakukan fungsi yang sesuai. Fungsionalisme memandang bahwa masyarakat adalah sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu sama lain dan tak bisa dipahami secara terpisah.

    ReplyDelete
  18. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    fungsionalisme merupakan aliran filsafat yang memandang fenomena mental dalam kesatuan dinamis sebagai suatu sistem dari fungsi untuk pemuasan kebutuhan yang sifatnya biologis. Aliran ini juga memandang bahwa manusia harus dipandang secara menyeluruh, setiap perbuatan manusia mempunyai maksud tertentu bukan hanya disebabkan sesuatu. Dengan demikian, hubungan antar manusia dengan lingkungannya merupakan bentuk manifestasi dari pikiran dan perilaku.

    ReplyDelete
  19. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang functionalism dalam filsafat. InsyaAllah link tersebut dan isinya akan bermanfaat bagi seluruh pembaca dalam blog ini khususnya saya, mungkin sekarang, besok, atau seterusnya. Semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Amin.

    ReplyDelete
  20. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari link tersebut, fungsionalisme adalah teori pikiran dalam filsafat kontemporer, dikembangkan terutama sebagai alternatif dari identitas teori pikiran dan behaviorisme. Ide intinya adalah bahwa keadaan mental (keyakinan, keinginan, berada dalam kesakitan, dll) dibentuk semata-mata oleh peran fungsional mereka, mereka memiliki hubungan sebab akibat dengan keadaan mental lainnya.

    ReplyDelete
  21. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Karena keadaan mental diidentifikasi oleh peran fungsional, maka dikatakan bahwa keadaan mental direalisasikan pada beberapa tingkatan, dengan kata lain, mereka mampu diwujudkan dalam berbagai sistem, bahkan mungkin komputer, asalkan sistem melakukan fungsi yang tepat.

    ReplyDelete
  22. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Keadaan mental yang haya ditentukan pada fungsi atau peran yang dimainkan sering disebut dengan fungsionalisme. Dengan artian fungsionalisme memandang bahwa psikologi tidak hanya menekankan tentang apa dan mengapa terjadi sesuatu (strukturalisme) tetapi juga mengapa dan untuk apa (fungsi) suatu tingkah laku tersebut terjadi atau aksi dari gejala psikis dan jiwa seseorang yang diperlukan untuk melangsungkan kehidupan dan berfungsi untuk penyesuaian diri psikis dan sosial.

    ReplyDelete
  23. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Dalam filsafat ilm terdapat suatu paham yang dikenal dengan paham sungsionalisme. Fungsionalisme merupakan paham dalam filsafat kontemporer yang didasarkan pada kondisi mental manusia yang dapat dibentuk sendiri oleh peran fungsi tersebut. Fungsionalisme juga dipahami sebagai suatu doktrin yang mengangap bahwa apa yang membuat sesuatu pikiran hayalah fungsinya saja dan bukan bergantung pada konstitusi internal.

    ReplyDelete
  24. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Fungsionalisme memandang bahwa pikiran, proses mental, persepsi indrawi, dan emosi adalah adaptasi organisme biologis. Fungsionalisme lebih menekankan pada fungsifungsi dan bukan hanya fakta-fakta dari fenomena mental, atau berusaha menafsirkan fenomena mental dalam kaitan dengan peranan yang dimainkannya dalam kehidupan.Fungsionalisme dalam filsafat pikiran adalah doktrin bahwa apa yang membuat sesuatu keadaan mental dari jenis tertentu tidak tergantung pada konstitusi internal, melainkan di jalan berfungsi, atau peran yang dimainkannya.

    ReplyDelete
  25. martin/Rwanda
    PPS2016PEP B
    Having opened the links given, i found that Functionalism in the philosophy of mind is the doctrine that what makes something a mental state of a particular type does not depend on its internal constitution, but rather on the way it functions, or the role it plays, in the system of which it is a part. This doctrine is rooted in Aristotle's conception of the soul, and has antecedents in Hobbes's conception of the mind as a “calculating machine”, but it has become fully articulated (and popularly endorsed) only in the last third of the 20th century. Though the term ‘functionalism’ is used to designate a variety of positions in a variety of other disciplines, including psychology, sociology, economics, and architecture, this entry focuses exclusively on functionalism as a philosophical thesis about the nature of mental states.

    ReplyDelete
  26. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Yang dimaksud dengan fungsionalisme dalam filsafat pikiran adalah doktrin tentang apa yang membuat sesuatu keadaan mental dari jenis tertentu tidak tergantung pada konstitusi internal, melainkan di jalan berfungsi, atau peran yang dimainkannya, dalam bagian suatu sistem. Doktrin ini muncul dan berakar dari konsepsi jiwa Aristoteles. Istilah fungsionalisme dipakai dalam berbagai disiplin ilmu namun memiliki fokus yang berbeda-beda. Fungsionalisme lebih menekankan pada fungsi-fungsi dan bukan hanya fakta-fakta dari fenomena mental, atau berusaha menafsirkan fenomena mental dalam kaitannya dengan peranan yang dimainkan dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  27. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Fungsionalis maksudnya berfikir atau kemampuan kognitif dari keadaan mental melaui apa yang dilakukan lebih dari apa yang diciptakan. Saat pembelajaran matematika fungsionalis dibutuhkan saat berfikir menyelesaikan masalah.

    ReplyDelete
  28. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Fungsionalisme menekankan pada fungsi-fungsi dan bukan hanya fakta-fakta dari fenomena mental, atau berusaha menafsirkan fenomena mental dalam kaitan dengan peranan yang dimainkannya dalam kehidupan. Ini tersusun atas beberapa bagian yang saling terhubung satu sama lain.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  29. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Fungsionalis menyatakan bahwa keadaan mental itu didefinisikan melaui suatu ungkapan "apa yang mereka lakukan lebih dari apa yang mereka ciptakan".Dikalangan para filsafat fungsional ini lebih dekenal dengan kata berfikir dan kemampuan kognitif. Berpikir merupakan suatu keharusan di dalam kehidupan . Segala hal yang ada di dunia ini perlu dipikirkan. Dari berpikir itulah kemudian terbesit pertanyaan. Setelah timbul pertanyaan maka kita akan terdorong untuk mencari tahu. Di situlah letak poin penting dari berpikir, karena berpikir akan membuka cakrawala kita.

    ReplyDelete
  30. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Paham yang berpusat pada fungsi yang dijalankan dalam masyarakat. Sehingga para fungsionalis berpendapat bahwa masyarakat merupakan sistem dari bagian-bagian yang saling mempunyai hubungan dan tak bisa dipahami secara terpisah. Ciri aliran ini adalah kebebasannya meneliti tingkah laku yang dianggap sebagai kesatuan yang tak dapat dipisahkan dan psikologi tak perlu bersifat deskriptif karena yang penting adalah korelasi tingkah laku dengan tingkah laku lain.

    ReplyDelete
  31. Functionalism adalah aliran filsafat yang memandang manusia secara menyeluruh dan menyatakan bahwa keyakinan dan keinginan, bergantung pada sistem kognitif atau terhadap stimulasi sensorik ,keadaan mental, dan perilaku.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  32. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Fungsionalisme merupakan orientasi dalam psikologi yang menekankan pada proses mental dan menghargai manfaat psikologi serta mempelajari fungsi-fungsi kesadaran dalam menjembatani antara kebutuhan manusia dan lingkungannya. Maksudnya, Fungsionalisme memandang bahwa masyarakat adalah sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu sama lain dan tak bisa dipahami secara terpisah.( https://nerys2.wordpress.com/fungsionalisme/)

    Masyarakat tidak hanya sebuah sistem atau aturan dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu sama lain, tetapi juga diikat dengan pemikiran dan perasaan yang sama. Misalnya: masyarakat islam dan masyarakat barat.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  33. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Fungsionalisme adalah teori tentang sifat mental. Menurut fungsionalisme, keadaan mental diidentifikasi oleh apa yang mereka lakukan bukan dengan apa yang mereka dibuat. Inti gagasan fungsionalisme berasal dari gagasan bahwa keadaan psikis (kepercayaan, keinginan, kesakitan, dll) dibentuk semata-mata oleh peran fungsional mereka. Awal gagasannya adalah seperti jebakan tikus yang dibuat dari berlian. Keadaan mental digambarkan lebih kepada jebakan tikus daripada berlian yang digunakan untuk membuat jebakan tikus. Apa yang dilakukannya, apa tujuannya, apa fungsinya lebih bernilai dari apa yang digunakan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  34. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Fungsionalisme adalah teri pikiran d i dalam filsafat kontempore, telah berkembang sagat pesat sebagai sebuah alternatif untuk teori ientitas pikiran dan behaviorisme. Ide intinya yaitu mental states (kepercayaan, keinginan, sakit, dll) di konstitusikan haya dengan peran fungsinya yaitu memiliki hubungan kausal ke metal states lain, input sensorik dan behavioral output.

    ReplyDelete
  35. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    Paham Functionalism merupakan paham yang menganggap manusia memiliki satu kesatuan. Tingkah laku yang satu berkaitan dengan tingkah laku yang lain. Functionalism merupakan aspek psikis yang menganggap manusia merupakan satu kesatuan yang utuh yang terbentuk dalam satu sistem

    ReplyDelete
  36. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B S2 2106

    Fungsionalisme dalam filsafat pikiran adalah doktrin bahwa apa yang membuat sesuatu keadaan mental dari jenis tertentu tidak tergantung pada konstitusi internal, melainkan di jalan berfungsi, atau peran yang dimainkannya, dalam sistem yang merupakan bagian.

    ReplyDelete
  37. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Fungsionalisme adalah teori budi dalam filsafat kontemporer yang dikembangkan sebagai alternatif dari teori identitas dan behaviourisme. Menurut teori ini, keadaan budi seperti kepercayaan, kehendak, dan rasa sakit hanya terdiri dari peran fungsionalnya - atau hubungan sebab-musababnya dengan keadaan budi lain, input indera, dan output perilaku. Fungsionalisme berbeda dari dualisme Descartes yang mendukung keberadaan substansi budi dan fisik yang terpisah, dan behaviourisme dan fisikalisme yang hanya mengakui keberadaan substansi fisik, karena fungsionalisme hanya terkait dengan fungsi otak yang efektif melalui pengorganisasiannya. Karena keadaan budi diidentifikasikan berdasarkan peran fungsionalnya, keadaan-keadaan budi direalisasikan dalam berbagai tingkatan dalam kata lain, keadaan-keadaan tersebut dapat diwujudkan dalam berbagai sistem seperti komputer selama sistem tersebut menjalankan fungsinya.

    ReplyDelete
  38. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Fungsionalisme dalam filsafat yang merujuk suatu pemikiran adalah doktrin bahwa apa yang membuat sesuatu keadaan mental yang dimiliki individu berasal dari jenis tertentu yang tidak tergantung pada susunan didalam diri individu tersebut, melainkan pada fungsi atau peran yang dimainkannya dalam sistem. Doktrin ini berakar pada konsepsi Aristoteles tentang jiwa, dan memiliki anteseden dalam konsepsi Hobbes dari pikiran sebagai "mesin penghitung", tetapi telah menjadi sepenuhnya diartikulasikan (dan populer disahkan) hanya di sepertiga terakhir abad ke-20. Meskipun istilah 'fungsionalisme' digunakan untuk menunjuk berbagai posisi dalam berbagai disiplin ilmu lainnya, termasuk psikologi, sosiologi, ekonomi, dan arsitektur, entri ini memfokuskan secara eksklusif pada fungsionalisme sebagai tesis filosofis tentang sifat keadaan mental

    ReplyDelete
  39. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Fungsionalisme adalah teori budi dalam filsafat kontemporer. Menurut teori ini, keadaan budi seperti kepercayaan, kehendak, dan rasa sakit hanya terdiri dari peran fungsionalnya - atau hubungan sebab-musababnya dengan keadaan budi lain, input indera, dan output perilaku. Keadaan inilah yang apabila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maka menurut saya dalam menjalani hidup, antara apa yang kita kehendaki dan perilaku kita harus selaras.

    ReplyDelete
  40. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    FUNCTIONALISMadalah sebuah sudut pandang luas dalam sosiologi dan antropologi yang berupaya menafsirkan masyarakat sebagai sebuah struktur dengan bagian-bagian yang saling berhubungan. Fungsionalisme menafsirkan masyarakat secara keseluruhan dalam hal fungsi dari elemen-elemen konstituennya; terutama norma, adat, tradisi dan institusi. Sebuah analogi umum yang dipopulerkan Herbert Spencer menampilkan bagian-bagian masyarakat ini sebagai "organ" yang bekerja demi berfungsinya seluruh "badan" secara wajar.

    ReplyDelete
  41. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Terima kasih kepada pak Marsigit atas informasi mengenai beberapa link referensi di atas tentang Functionalism. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi kami.

    ReplyDelete
  42. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Dari link http://en.wikipedia.org/wiki/Functionalism, terdapat berbagai pengertian mengenai fungsionalisme seperti berikut:
    Fungsionalisme (arsitektur), prinsip bahwa arsitek harus merancang sebuah bangunan berdasarkan tujuan bangunan.
    Fungsionalisme dalam hubungan internasional, teori yang muncul selama periode antar-perang
    Fungsionalisme (filsafat pikiran), teori pikiran dalam filsafat kontemporer
    Fungsionalisme dibandingkan intentionalism, perdebatan historiografi tentang asal-usul Holocaust
    Fungsionalisme struktural, tradisi teoritis dalam sosiologi dan antropologi
    Fungsionalisme biologis, paradigma antropologi

    ReplyDelete
  43. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Fungsionalisme adalah doktrin bahwa apa yang membuat sesuatu pikiran, keinginan, rasa sakit (atau jenis lain dari kondisi mental) tidak tergantung pada konstitusi internal, tetapi hanya pada fungsinya, atau peran yang dimainkannya. Lebih tepatnya, teori fungsionalis mengambil identitas keadaan mental yang akan ditentukan oleh hubungan kausal untuk rangsangan sensorik, keadaan mental lainnya, dan perilaku. (http://plato.stanford.edu/entries/functionalism/)

    ReplyDelete
  44. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Fungsionalisme adalah aliran psikologi yang memandang bahwa manusia harus dipandang secara menyeluruh Fungsionalisme adalah teori tentang sifat mental. Menurut fungsionalisme, keadaan mental diidentifikasi oleh apa yang mereka lakukan bukan dengan apa yang mereka perbuat. Beberapa ciri fungsionalisme diantaranya adalah menekankan fungsi dibanding elemen mental, memandang penting kemampuan individu untuk berubah sesuai tuntutan lingkungannya, serta menerima berbagai metode dalam mempelajari aktivitas mental manusia. Fungsionalisme adalah yang paling familiar atau "menerima" pandangan di kalangan filsuf pikiran dan ilmu kognitif.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id