Jan 13, 2013

EXPERIMENTALISM




Ass, jika ingin membaca tentang Experimentalism, bisa konek berikut:


Wss

41 comments:

  1. Rhomiy handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Eksperimentalisme, adalah merupakan suatu filsafat yang resmi dan sistematis. Usianya kurang dari satu abad, jadi termasuk bilangan salah satu aliran filsafat yang termuda. Tetapi aliran filsafat ini nampak menonjol karena mendasarkan pemikiran filsafatnya terutama seklai kepada segi negatif dari pemikiran yang asasi (fundamental), yaitu menentang dan menolak paham-paham filsafat sebelumnya. Untuk kesemuanya ini dan guna memenuhi semua harapan Bangsa dan Negara kita, maka melakukan cara-cara belajar mengajar yang bijaksana akan memainkan peranan yang sangat positif dan efektif buat mencapai tujuan dan memenuhi segala harapan tersebut.

    ReplyDelete
  2. Falsafah Eksperimentalis ini dapat dikatakan merupakan suatu metode dari pengetahuan modern yang sifatnya begitu umum hingga dapat melingkupi segala aspek kehidupan manusia. Dia memulai langkah filsafatnya dengan “pengalaman” yang senantiasa kita temuka didalam berbagai fase dan aspek kehidupan. Demikianlah pula, apabila kita mempelajari“Pengalaman” itu, kita akan menemukan suatu faktor tertentu yang aktif bekerja, yaitu apa yang kita sebutkan “Belajar”. Dan kita akan melihat lebih lanjut bahwa usaha belajar itu dapat diarahkan sedemikian rupa untuk membantu mewujudkan kehidupan yang lebih baik secara effektif.

    ReplyDelete
  3. Sementara itu, Di dalam suatu negara demokrasi, adalah pribadi-pribadi yagn dapat menentukan arah diri mereka sendiri, itulah yang akan kita bina. Orang-orang dengan kepribadian yang demikian itulah yang dapat mendorong maju kehidupan ini, hingga lebih sukses dan berhasil buat mengembangkan dunia kita ini. Dunia yang seperti itulah yang menarik perhatian golongan Eksperimentalis dan diatas dasar pemikiran itu pulalah mereka membentuk Filsafat Pendidikan Eksperimentalis

    ReplyDelete
  4. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Eksperimentalism merupakan suatu filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Golongan eksperimentalism mempunyai pemikiran yang sangat positif, mereka berpendapat bahwa dunia ini sungguh-sungguh cukup dan memadai untuk memenuhi kebutuhan manusia. aliran ini menegaskan bahwa dunia yang berada diluar jangkauan pengalaman itu tidak ada, juga tidak dapat dikatakn bahwa dia ada, dan kita tidak mengatakan apa-apa tentang dunia yang demikian itu, karena kita tidak akan pernah mengetahuinya disebabkan kita tidak pernah mengalaminya.

    ReplyDelete
  5. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Experimentalism adalah kepercayaan filosofis bahwa percobaan menghasilkan kebenaran (empirisme). Atau juga bisa ditafsirkan sebagai kepercayaan filosofis bahwa kebenaran dievaluasi berdasarkan kegunaannya menunjukkan;( instrumentalisme). Eksperimentalisme yang juga disebut dengan instrumentalisme, merupakan sebuah filsafat yang dikemukakan oleh seorang filsuf Amerika John Dewey, yang mengatakan bahwa apa yang paling penting dalam sebuah benda atau ide adalah nilainya sebagai instrumen dari tindakan dan bahwa kebenaran ide terletak pada kegunaannya. Berpikir sebagai alat untuk memecahkan masalah. Dalam filsafat ilmu, instrumentalisme adalah pandangan bahwa sebuah teori ilmiah merupakan alat yang berguna dalam memahami dunia. Sebuah konsep atau teori harus dievaluasi oleh seberapa efektif menjelaskan dan memprediksi fenomena.

    ReplyDelete
  6. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Eksperimentalisme merupakan aliran yang menyadari dan mempraktekkan eksperimen untuk menguji kebenaran suatu teori. Aliran ini membuktikan kebenaran suatu pendapat atau teori dalam memperkuat atau meyakinkan pengetahuan melalui eksperimen. Ketika suatu teori atau suatu pernyataan tidak dipraktekkan melalui sebuah kajian yang mendalam maka belumlah teori tersebut dapat difonis kebenarannya, selain itu juga belum bisa kita katakan bahwa teori tersebut salah atau tidak benar.

    ReplyDelete
  7. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Eksperimentalisme berasal dari kata dasar eksperimen yang artinya adalah percobaan. Seperti halnya dalam metode ilmiah, untuk memperoleh sebuah kebenaran maka diperlukan percobaan (eksperimen) dari hipotesis-hipotesisnya.

    ReplyDelete
  8. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Experimentalism adalah aliran yang menyadari dan mempraktekkan asas eksperimen untuk menguji kebenaran suatu teori.

    Maka, ketika kita mempercayai suatu teori atau suatu pernyataan tanpa adanya sebuah kajian mendalam mengenai teori tersebut maka teori tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya.

    ReplyDelete
  9. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Eksperimentalisme adalah aliran yang menyadari dan mempraktekkan asas eksperimen untuk menguji kebenaran suatu teori. Ketika kita mempercayai suatu teori atau suatu pernyataan tanpa adanya sebuah kajian mendalam mengenai teori tersebut maka belumlah teori tersebut dapat diponis kebenarannya, namun juga belum bisa kita katakan bahwa teori tersebut salah atau tidak benar. Aliran filsafat yang sudah mengenal adanya sebuah cara untuk membeuktikan kebenaran suatu pendapat atau teori dalam memperkuat atau meyakinkan pengetahuan adalah eksperimentalisme.

    ReplyDelete
  10. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Pada intinya merupakan perkawinan antara behaviorisme filosofis dengan pragmatisme. Behaviorisme filosofis menganggap bahwa pengalaman personal merupakan keluaran dari perilaku antara makhluk hidup dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya. Tokoh filosofi eksperimental adalah adalah John Dewey. Pragmatisme memiliki sikap yang menganggap bahwa sebuah gagasan adalah benar jika menuntun ke arah konsekuensi-konsekuensi efektif bilamana diterapkan ke pemecahan masalah nyata ( praktis). eksperimentalisme menjadikan manusa subjektif-inividualistis sebagai ukuran segala sesuatu, maka dalam pelaksanaan proses kependidikan sebagai pusat aktivitas pengembangan sumber daya manusia, maka sama dengan eksistensialisme dan rasionalisme, aliran ini pun juga menjunjung tinggi asas kebebasan dalam setiap langkah kegiatannya, termasuk dalam bidang pendidikan.

    ReplyDelete
  11. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Experimentalism atau eksperimentalisme berpandangan bahwa untuk memperoleh kebenaran harus melalui eksperimen, empirisme, dan harus dievaluasi. Kebenaran diperoleh melaui penyelidikan dengan menggunakan data empiris yang dikumpulkan melalui survei tentang intuisi dari orang biasa untuk menginformasikan penelitian tentang pertanyaan filosofis.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  12. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Experimentalism atau eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Aliran eksperimentalis berpendapat, bahwa hidup adalah perubahan dan perubahan terjadi melalui pemikiran cerdas manusia. Kelompok eksperimentalisme memandang manusia sebagai mahluk yang dinamis, aktif dan kreatif. Sehingga manusia dapat meningkatkan kualitas dirinya melalui proses berpikir kritis dan kreatif berdasarkan pengalamannya.

    ReplyDelete
  13. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Experimentalism adalah keyakinan filosofis bahwa cara untuk kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Hal ini juga terkait dengan instrumentalism, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaannya ditunjukkan.secara tidak resmi, seniman sering mengejar visi mereka melalui trial and error; bentuk experimentalism telah dipraktekkan di segala bidang, dari musik untuk film dan dari literatur ke teater.

    ReplyDelete
  14. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dalam link https://en.wikipedia.org/wiki/Experimentalism dikatakan bahwa “Experimentalism is the philosophical belief that the way to truth is through experiments and empiricism”. Saya kira pada tataran atau dimensi spiritual, filosofi eksperimental tidak menjadi cara yang patut. Karna percobaan eksperimental berada dalam batas lingkaran daya pikir manusia. Manusia tidak akan bisa menguraikan kenapa bukan laki-laki saja yang punya kemampuan untuk hamil dan melahirkan dst.

    ReplyDelete
  15. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Eksperimentalisme merupakan suatu keyakinan filosofis dimana untuk mencapai kebenaran maka menggunakan eksperimen dan empirisme. Hal tersebut juga terkait dengan instrumentalisme dimana keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan manfaat yang didemonstrasikan

    ReplyDelete
  16. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Eksperimentalisme adalah aliran filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Tokoh dari filosofi eksperimental adalah John Dewey . Seseorang harus belajar dari pengalaman agar dapat menghindari dalam mengulangi kesalahan yang telah dilakukan di masa lalu. Pengalaman dapat memberikan kontribusi untuk membuat keputusan yang lebih baik di masa depan. Implikasinya adalah bahwa belajar adalah suatu proses pertumbuhan pengalaman untuk menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  17. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Experimentalism sebuah kepercayaan bahwa hal-hal yang terus berubah. Di dalam filsafat John Dewey disebutkan adanya experimental continum atau rangkaian kesatuan pengalaman, yaitu proses pendidikan yang semula dari pengalaman menuju ide tentang kebiasaan (habit) dan diri (self) kepada hubungan antara pengetahuan dan kesadaran, dan kembali lagi ke pendidikan sebagai proses sosial. Kesatuan rangkaian pengalaman tersebut memiliki dua aspek penting untuk pendidikan, yaitu hubungan kelanjutan individu dan masyarakat serta hubungan kelanjutan pikiran dan benda.

    ReplyDelete
  18. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Pragmatisme atau eksperimentalisme merupakan gerakan philosophy Amerika yang menginginkan hasil yang kongkrit. Sesuatu yang penting harus pula kelihatan dalam kegunaannya. Oleh karena itu, pertanyaan “what is” harus dieliminir dengan “what for”. Pragmatisme merupakan philosophy bertindak, mempertanyakan bagaimana konsekuensi praktisnya dalam hidup manusia.

    ReplyDelete
  19. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Kaitannya dengan dunia pendidikan, kaum eksperimentalisme menghendaki pembagian persoalan teoritis dan praktis. Pengembangan teori memberi bekal etik dan normatif, sedangkan praktek mempersiapkan tenaga profesional sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Proporsionalisasi teori dan praktis itu penting agar pendidikan tidak melahirkan materialisme terselubung ketika terlalu menekankan pada hal praktis. Juga tidak dapat mengabaikan kebutuhan praktis masyarakat, sebab kalau demikian yang terjadi berarti pendidikan dapat dikatakan disfungsi.

    ReplyDelete
  20. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Golongan eksperimentalism mempunyai pemikiran yang sangat positif, mereka berpendapat bahwa dunia ini sungguh-sungguh cukup dan memadai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Experimentalism adalah keyakinan filosofis bahwa cara untuk kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. John menyebutkan adanya experimental continum atau rangkaian kesatuan pengalaman, yaitu proses pendidikan yang semula dari pengalaman menuju ide tentang kebiasaan dan diri kepada hubungan antara pengetahuan dan kesadaran, dan kembali lagi ke pendidikan sebagai proses sosial.

    ReplyDelete
  21. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Tokoh filosofi eksperimental adalah adalah John Dewey. Pragmatisme memiliki sikap yang menganggap bahwa sebuah gagasan adalah benar jika menuntun ke arah konsekuensi-konsekuensi efektif bilamana diterapkan ke pemecahan masalah nyata. Aliran eksperimentalis berpendapat, bahwa hidup adalah perubahan dan perubahan terjadi melalui pemikiran cerdas manusia. Pengalaman dapat memberikan kontribusi untuk membuat keputusan yang lebih baik di masa depan.

    ReplyDelete
  22. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Experimentalisme adalah keyakinan filosofis bahwa cara untuk memperoleh kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Saya setuju akan penggabungan antara eksperimentalisme dengan rasionalisme akan menghasilkan sesuatu pengetahuan atau kebenaran secara lebih akurat. Bila kebenaran hanya ada dalam pikiran tanpa adanya percobaan mengeai fakta hanya akan sekedar angan-angan. Sebaliknya percobaan atau pengalaman tanpa adanya rasional juga tidak akan memaksimalkan percobaan menggali kebenaran.

    ReplyDelete
  23. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Eksperimentalisme merupakan suatu paham yang berkembang pada zaman modern yang dapat diterapkan dalam segala aspek di kehidupan. Eksperimentalisme secara filsafat lahir dengan dimulai dari adanya “pengalaman”. Pengalaman ini ditemukan dari kehidupan manusia sehari-hari. Dari pengalaman tersebut, manusia dapat merefleksikan pengamalan tersebut, ini berarti manusia dapat memikirkan pengalaman tersebut. Dapat disimpulkan bahwa dalam paham ini pengalaman lah yang berperan penting dalam suatu pemikiran.

    ReplyDelete
  24. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Eksperimentalisme sebagai salah satu bentuk kehidupan berintikan kerjasama dan interaksi untuk mengadakan pemahaman eksperimental dari fakta-fakta dan memberikan interpretasi yang bersifat menyeluruh serta memahaminya dalam konteks kehidupannya. Eksperimentalisme ini sifatnya berubah-ubah, ini dikarenakan terus terjadinya sebuah proses pengalaman yang ada di dalam pemikiran manusia.

    ReplyDelete
  25. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    The focus on behavior is especially important, because as a philosophy of democracy, experimentalism ultimately judges the effects of schooling against some standard of betterment or progress in the life experience. This is a principle associated with the roots that experimentalism has in a broader philosophical tradition known as pragmatism. The pragmatist's prejudice is to affect the here and now, to look at life as a matter of present significance, and not as a matter that has some ultimate judgment at the pearly gates of heaven or some other transcendental place. This is a way of keeping focused on experience and on the kind of intelligent conduct that will produce the prize of progress. The whole child must be educated, not just his or her mind. The curriculum, as a result, is comprehensive in its ambition, is interdisciplinary in its overall organization, and is activity-based in its sense of experience. And because the school is the engine of democracy, considerable emphasis is placed on the value of the shared experience and the communion of values, outlooks and problems that helps to amalgamate the nation as a people of democracy. To Dewey, democracy was less a political concept than a moral one.

    ReplyDelete
  26. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Experimentalism adalah suatu kebenaran dari hasil suatu percobaan berdasarkan kegunaan yang ditunjukkannya. Saat pembelajaran matematika proses mencari kebenaran diperlukan percobaan menuju suatu kebenaran untuk mengetahui kegunaan dari hasil percobaan. Melalui berbagai percobaan untuk membuktikan maka akan ditemukan kebenaran matematika.

    ReplyDelete
  27. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Eksperimentalisme merupakan pengujian atas kebenaran suatu proposisi dengan melakukan percobaan. Paham ini memandang manusia sebagai makhluk yang dinamis aktif dan kreatif. Eksperimentalis dikatakan sebagai seseorang yang optimis bahwa dia dapat membentuk kualitas dirinya melalui pembiasaan berpikir kreatif berdasarkan pengalaman-pengalaman. Aliran ini selalu pula dihubungkan dengan aliran pragmatis, bahkan sering pula dikacaukan antara keduanya. Pragmatisme dikatakan sebagai instrumentalisme karena pemikirannya yang mengandaikan sesuatu dengan alat yang mengharuskan seseorang untuk selalu berbuat.

    ReplyDelete
  28. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Eksperimen adalah percobaan. Eksperimentalisme berasal dari kata dasar eksperimen yang artinya adalah percobaan. Jadi, untuk memperoleh sebuah kebenaran maka diperlukan percobaan (eksperimen) dari hipotesis-hipotesisnya kurang lebih seperti itu.


    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  29. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Percobaan dapat dipandang sebagai suatu cara untuk menguji kebenaran dari suatu hipotesa. Percobaan tersebu terkadang tidak berhasil dikarenakan kita melakukan suatu kesalahan dalam melakukan percobaan. Percobaan juga dianggap cara yang efektif untuk mengkonstruksikan pengetahuan. Setelah kita melakukan percobaan-percobaan, kita akan mengetahui kebenaran dari suatu hal.

    ReplyDelete
  30. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Eksperimentalisme merupakan suatu aliran filsafat yang resmi dan sistematis yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Eksperimentalis memulai langkah filsafatnya dengan “pengalaman” yang senantiasa kita temukan didalam berbagai fase dan aspek kehidupan. Apabila kita mempelajari pengalaman itu, kita akan belajar sehingga dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik secara efektif.

    ReplyDelete
  31. Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Experimentalism merupakan keyakinan filosofis bahwa cara untuk memperoleh kebenaran adalah melalui eksperimen dan empirisme. Hal ini juga terkait dengan instrumentalism, keyakinan bahwa kebenaran harus dievaluasi berdasarkan kegunaan yang ditunjukkan. Pada intinya merupakan perkawinan antara behaviorisme filosofis dengan pragmatisme. Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang resmi dan sistematis. Tokoh filosofi eksperimental adalah adalah John Dewey. Pragmatisme memiliki sikap yang menganggap bahwa sebuah gagasan adalah benar jika menuntun ke arah konsekuensi-konsekuensi efektif bilamana diterapkan ke pemecahan masalah nyata ( praktis).

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  32. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Pada intinya merupakan gabungan antara behaviorisme filosofis dengan pragmatisme. Behaviorisme filosofis menganggap bahwa pengalaman personal merupakan keluaran dari perilaku antara makhluk hidup dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya. Tokoh filosofi eksperimental adalah adalah John Dewey. Pragmatisme memiliki sikap yang menganggap bahwa sebuah gagasan adalah benar jika menuntun ke arah konsekuensi-konsekuensi efektif bilamana diterapkan ke pemecahan masalah nyata ( praktis).

    Sikap pragmatisme biasanya berpola pikir praktis, dan mengutamakan hasil yang cepat, dengan cara-cara yang bersifat praktis pula. Namun, efek yang diberikan tidak sampai menyentuh akar permasalahan. Misalnya: sikap politik praktis yang dilakukan oleh para politikus dan juga sikap masyarakat yang menginginkan hasil yang cepat. Sesungguhnya permasalahan yang terjadi di Indonesia akibat diterapkannya ideologi kapitalisme. Sehingga menimbulkan banyak permasalahan multidimensi. Maka, solusi pragmatis yang diberikan adalah memberi bantuan berupa BLT yang sifatnya sementara. Solusi sesungguhnya adalah mengenyahkan ideologi kapitalisme yang diterapkan di Indonesia kemudian ganti dengan ideologi shahih dari aturan Allah SWT.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  33. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang mempelajari tentang proses/perolehan pengalaman. Tokoh filosofi eksperimental adalah adalah John Dewey. Eksperimentalisme adalah suatu filsafat yang resmi dan sistematis. Aliran eksperimentalis berpendapat, bahwa hidup adalah perubahan dan perubahan terjadi melalui pemikiran cerdas manusia dalam menyelesaikan berbagai rintangan dan problem yang ada. Eksperimentalisme memandang bahwa belajar mestilah dimaknai dengan memberikan latihan kecerdasan dalam menghadapi berbagai tantangan dan persoalan kehidupan, sehingga subjek didik terbiasa aktif mengolah berbagai data dan informasi untuk memecahkan problem hidupnya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  34. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    Experimentalism merupakan filsafat dalam memperoleh pengetahuan dan pengalaman. Filsafat ini memiliki kedudukn yang mantap karena memiliki proses yang sistematis melalui prosedur-prosedur yang sudah ditentukan

    ReplyDelete
  35. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    Filsafat experimentalism mengajarkan kepada kelompoknya agar terlatih dalam memecahkan persoalan hidup. Persoalan-persoalan yang ditemui membutuhkan proses yang sistematis dalam mencari kebenaran. Kebenaran yang diperoleh harus berdasarkan data-data yang terkumpul berkaitan dengan persoalan tersebut. Sehingga logis dalam pelaksanaannya.

    ReplyDelete
  36. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Ekperimentalisme adalah keeprcayaan filsafat yang jalan menuju kebenaran melelui ekperimen dan empirisme. Ini juga diasosiaikan dengan intruentalisme, kepercayaan bahwa kebenaran seharusnya dievaluasi berdasarkankegunaan yang didemontrasikannya

    ReplyDelete
  37. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B S2 2016

    Berdasarkan salah satu link di atas menjelaskan bahwa eksperimentalisme ini dapat dikatakan merupakan suatu metode dari pengetahuan modern yang sifatnya begitu umum hingga dapat melingkupi segala aspek kehidupan manusia. Memulai langkah filsafatnya dengan pengalaman yang senantiasa kita temukan didalam berbagai fase dan aspek kehidupan. Demikianlah pula, apabila kita mempelajari pengalaman itu, kita akan menemukan suatu faktor tertentu yang aktif bekerja, yaitu apa yang kita sebutkan belajar.

    ReplyDelete
  38. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Eksperimental adalah sebuah metode ilmiah yang digunakan untuk mempelajari fenomena-fenomena yang terjadi di dalam dunia. Dalam menggunakan metode ini, manusia harus memiliki dasar pemikiran yang logis dan empiris. Pemikiran yang logis dan empiris ini dikaitkan dengan pengetahuan dan pengalaman yang sudah diperoleh.

    ReplyDelete
  39. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016


    Masa eksperimentalisme berlangsung di tahun 1960. Dimana experimentalism bisa berarti pandangan filosofis yang meyakini bahwa percobaan menghasilkan kebenaran yang dikenal dengan empirisme. Serta ekperimentalisme juga bisa berarti keyakinan filosofis bahwa kebenaran dievaluasi berdasarkan pada kegunaannya atau instrumentalisme. Kegiatan eksperimetal digunakan untuk membuktikan hipotesis demmi mencapai suatu fakta atau pengetahuan yang bersifat empiri dan dapat dipercaya. Kegiatan eksperimen berupaya untuk mematahkan suatu teori atau mencari teori baru yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan dan eksperimen ini bagian dari kegiatan ilmiah karena sistematis, logis, dapat dibuktikan dan diterima kebenarannya. Meskipun kemudian dapat digugurkan oleh eksperimental selanjutnya.

    ReplyDelete
  40. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Berbicara mengenai experimentalism atau dalam bahasa Indonesia disebut eksperimentalisme, maka dalam dunia pendidikan paham ini akan berperan penting di dalamnya. Hal ini dikarenakan, untuk melihat setiap perkembangan pembelajaran itu berkembang atau tidak maka kita perlu melakukan percobaan dan metode-metode yang kita gunakan juga merupakan wujud dari percobaan itu sendiri, dimana hal ini dilakukan untuk menguji tingkat keberhasilan kita dalam mengajar.

    ReplyDelete
  41. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Experimentalism filsafat yang menggunakan data yang Diperoleh dari percobaan untuk memastikan integritas sebuah ide atau konsep yang diusulkan. Filsafat ini adalah landasan dari segala ilmu ynag ilmuah. Dimana selalu dilakukan eksperimen atau percobaan untuk meyakini sesuatu. Dan tidak semata-mata berdasarkan pemikiran.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id