Jan 13, 2013

ETHOLOGY




Ass, jika ingin membaca tentang Ethology, bisa konek berikut:


Wss

37 comments:

  1. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Etologi berasal dari bahasa Yunani, etos yang artinya karakter dan logika yang artinya studi tentang. Paham ini adalah studi ilmiah dan obyektif perilaku hewan, dan berfokus pada kondisi alamiahnya. Paham ini bertentangan dengan behaviorisme. Etologi merupakan cabang dari ilmu zoologi. Sehingga paham ini mempelajari mengenai perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Paham ini mencoba untuk menjelaskan perilaku manusia. Mempelajari perilaku manusia secara alamiah, tidak seperti behaviorisme yang mempelajari dalam laboratorium. Teori ini memandang bahwa perilaku sangat dipengaruhi oleh biologi dan evolusi yang ditandai dengan periode (critical period). Karena menganggap laboratorium bukan setting yang baik untuk mengamati perilaku maka peneliti mengamati perilaku secara teliti dalam lingkungan alamiahnya

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Etologi adalah studi ilmiah dan obyektif perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku dalam kondisi alamiah. Behaviorisme adalah istilah yang juga menggambarkan studi ilmiah dan obyektif perilaku hewan, tapi biasanya mengacu pada studi tentang perilaku yang terlatih tanggapan dalam konteks laboratorium.Etologi adalah kombinasi laboratorium dan lapangan ilmu pengetahuan, dengan hubungan yang kuat dengan beberapa disiplin ilmu lain seperti neuroanatomy, ekologi, dan evolusi. Etholog biasanya tertarik pada proses perilaku daripada dalam kelompok hewan tertentu, dan sering mempelajari satu jenis perilaku, seperti agresi, di sejumlah binatang yang tidak terkait. Memahami etologi atau perilaku hewan dapat menjadi penting dalam pelatihan hewan. Mengingat perilaku alami spesies yang berbeda atau keturunan memungkinkan pelatih untuk memilih individu yang paling cocok untuk melakukan tugas yang diperlukan. Hal ini juga memungkinkan pelatih untuk mendorong kinerja perilaku alami dan juga penghentian perilaku yang tidak diinginkan.

    ReplyDelete
  3. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Secara etimologi, etologi berarti ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan atau karakter. Teori ini menekankan bahwa kepekaan terhadap jenis pengalaman yang beragam berubah sepanjang rentang kehidupan. Dengan kata lain, ada periode kritis atau sensitif bagi beberapa pengalaman. Etologi merupakan cabang ilmu zoologi yang mempelajari tentang ilmu tentang perilaku atau tingkah laku hewan, perilaku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya. Fokus etologi pada perilaku hewan dalam kondisi alamiah, sebagai lawan behaviorisme, yang berfokus pada studi respon perilaku dalam pengaturan laboratorium.

    ReplyDelete
  4. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Ethologi adalah studi mengenai etos atau karakter dari hewan. Hewan dianggap memiliki perilaku yang alamiah, yang dilihat adalah respon terhadap sebuah tindakan kepada hewan tersebut. Tentu saja responnya akan bermacam-macam adanya.

    ReplyDelete
  5. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Etologi adalah suatu cabang ilmu zoology yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ilmu yang mempelajari perilaku atau karakter hewan tersebut digunakan di dalam pendekatan ilmu psikologi perkembangan. Etologi menekankan pada proses biologis yang berinteraksi dengan pengalaman. Kematangan fisik, termasuk perubahan hormonal, perkembangan lokomotor, dan peningkatan efisiensi sistem saraf menandai pentingnya periode sensitif.
    Namun salah satu kritik terhadap teori ini adalah terlalu menekankan pada dasar biologis dan peerhatian terhadap kognisi kurang memadai.

    ReplyDelete
  6. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Ilmu yang mempelajari perilaku manusia di dalam pengaturan yang alami. Semua perilaku manusia adalah bentuk reaksi dari apa yang terjadi di lingkungan alaminya. Teori Etologi memahami bahwa perilaku manusia mempunyai relevansi dengan perilaku binatang. Semua perilaku manusia adalah bentuk reaksi dari apa yang terjadi di lingkungan alaminya.

    ReplyDelete
  7. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    stilah “etologi” diturunkan dari bahasa Yunani, sebagaimana ethos (ήθος) ialah kata Yunani untuk "kebiasaan". Kata lain yang diturunkan dari kata Yunani ethos ialah: etis dan etika. Teori etologi diartikan sebagai ilmu yang bermula dari tingkah laku hewan.Tokoh yang menganut paham etologi adalah seorang naturalistis yang mempelajari hewan di lingkungan alami bukan di laboratorium (T Lawton, Joseph. 1982).Teori yang membahas tentang etologi antara lain;Teori seleksi alam (Darwin, 1859), Etologi Modern ( Lorenz dan Tindbergen), Teori Bowlby ( Teori Kelekatan). Etologi dapat dibedakan dengan psikologi komparatif, yang juga mempelajari perilaku hewan, namun menguraikan studinya sebagai cabang psikologi. Jadi di mana psikologi komparatif memandang studi perilaku heawan dalam konteks dari apa yang dikenal sebagai psikologi manusia, etologi memandang studi perilaku hewan dalam konteks dari apa yang dikenal tentang anatomi dan fisiologi hewan.

    ReplyDelete
  8. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Ethology atau etologi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku hewan. Ilmu etologi dipelopori oleh Nikolaas Tinbergen dan Konrad Lorenz yang kemudian memenangkan hadiah nobel pada tahun 1973. Pada abad 21 etologi merupakan ilmu yang berkembang pesat. Banyak sekali manfaat dari ilmu etologi sehingga menghasilkan pengetahuan-pengetahuan lainnya.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  9. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    etologi adalah suatu cabang ilmu zoologi yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya. Baru-baru ini tingkah laku tersebut juga termasuk tingkah laku manusia. Bagaimana pun sebagai pendatang baru dibidang psikologi perkembangan, hal ini belum menjadi tekanan yang kuat. Dengan berbagai macam usaha ilmiah, deskripsi dari fenomena yang telah dipelajari datang sebelum penjelasan dari fenomena tersebut. Sehingga, satu kelemahan dari penjelasan etologi mungkin suatu saat nanti akan lebih baik dampaknya kepada lingkungan. Sementara itu etologi memperluas perspektif kita, memberikan kita ide baru dan teori seharusnya, mengembangkan berbagai pertanyaan tentang pengembangan manusia

    ReplyDelete
  10. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Ethology atau etologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya. Ilmu ini juga dapat dikaitkan dengan tingkah laku manusia, sehingga dapat membantu untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai tingkah laku kelekatan manusia.

    ReplyDelete
  11. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016
    Etologi adalah studi ilmiah dan obyektif perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku di bawah kondisi alam, dan perilaku melihat sebagai sifat adaptif evolusioner. Behaviorisme adalah istilah yang juga menggambarkan studi ilmiah dan obyektif perilaku hewan, biasanya mengacu pada tanggapan diukur terhadap rangsangan atau respon perilaku terlatih dalam konteks laboratorium, tanpa penekanan khusus pada adaptivity evolusi. Etologi adalah kombinasi dari laboratorium dan lapangan ilmu pengetahuan, dengan hubungan yang kuat dengan beberapa disiplin ilmu lain seperti neuroanatomy, ekologi, dan biologi evolusi. Etholog biasanya tertarik pada proses perilaku daripada dalam kelompok hewan tertentu, dan sering mempelajari satu jenis perilaku, seperti agresi, di sejumlah hewan yang tidak terkait.

    ReplyDelete
  12. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Etologi adalah studi ilmiah tentang perilaku hewan, dan berfokus pada kondisi alamiahnya. Etologi merupakan cabang dari ilmu zoologi, sehingga studi ini mempelajari mengenai perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Etologi digunakan dalam pendekatan ilmu psikologi perkembangan dan dengan teori ini para ahli mencoba untuk menjelaskan bagaimana perilaku manusia. Mereka memandang bahwa insting merupakan sifat dasar hewan dan aspek penting dalam memahami perilaku manusia.

    ReplyDelete
  13. Pada link https://en.wikipedia.org/wiki/Ethology dikatakan bahwa “Ethology is the scientific and objective study of animal behavior”. Artinya etologi adalah studi ilmiah dan obyektif tentang perilaku hewan. Ilmu perilaku hewan, pada keseluruhannya merupakan kombinasi kerja-kerja laboratorium dan pengamatan di lapangan, yang memiliki keterkaitan yang kuat dengan disiplin ilmu-ilmu tertentu semisal neuroanatomi, ekologi, dan evolusi. Seorang ahli perilaku hewan (etolog) umumnya menaruh perhatian pada proses-proses bagaimana suatu jenis perilaku (misalnya agresi) berlangsung pada jenis-jenis hewan yang berbeda. Meski ada pula yang berspesialisasi pada tingkah laku suatu jenis atau kelompok kekerabatan hewan yang tertentu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanang Ade Putra Yaman
      16709251025
      PPs PMat B

      Delete
  14. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Etologi (dari bahasa Yunani: ethos, "karakter"; dan -logia) adalah suatu cabang ilmu zoologi yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya. Seorang ahli perilaku hewan umumnya menaruh perhatian pada proses-proses bagaimana suatu jenis perilaku (misalnya agresi) berlangsung pada jenis-jenis hewan yang berbeda. Meski ada pula yang berspesialisasi pada tingkah laku suatu jenis atau kelompok kekerabatan hewan yang tertentu. Ahli perilaku hewan juga disebut etolog. (https://id.wikipedia.org/wiki/Etologi)

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Etologi berasal dari bahasa yunani yaitu ethos yang berarti kebiasaan dan logos yang berarti ilmu atau pengetahuan. Ethos bisa pula berarti etis atau etika dapat juga berarti karakter. Jadi secara etimologi, etologi berarti ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan atau karakter. Namun etologi lebih dahulu dikenalkan sebagai ilmu perilaku hewan. Etologi adalah suatu cabang ilmu zoology yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ilmu yang mempelajari perilaku atau karakter hewan tersebut digunakan di dalam pendekatan ilmu psikologi perkembangan. Teori ini mencoba menjelaskan perilaku manusia. Sehingga di dalam ilmu psikologi, etologi berarti ilmu yang mempelajari perilaku manusia di dalam pengaturan yang alami. Semua perilaku manusia adalah bentuk reaksi dari apa yang terjadi di lingkungan alaminya.

    ReplyDelete
  17. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Hewan memiliki tingkah laku yang terlihat dan saling berkaitan secara individual maupun kolektif. Berbagai macam tingkah laku hewan merupakan cara bagi hewan tersebut untuk berinteraksi secara dinamik dengan lingkungannya. Tingkah laku yang dimiliki oleh berbagai macam hewan telah melahirkan bidang ilmu tersendiri bernama etologi. Etologi merupakan ilmu yang mempelajari gerak-gerik atau tingkah laku hewan di lingkungan alam dan di lingkungan lain di mana hewan tersebut bisa hidup. Kepercayaan yang mengatakan bahwa hewan dapat merasakan gejala alam dan gempa telah ada sejak berabad-abad lalu. Tahun 373 sebelum masehi, sejumlah sejarawan mencatat hewan seperti tikus, ular, dan musang telah meninggalkan kota Helis di Yunani beberapa hari sebelum teradinya gempa yang mengahncurkan kota tersebut.

    ReplyDelete
  18. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang ethology dalam filsafat. InsyaAllah link tersebut dan isinya akan bermanfaat bagi seluruh pembaca dalam blog ini khususnya saya, mungkin sekarang, besok, atau seterusnya. Semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Amin.

    ReplyDelete
  19. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari link tersebut, etologi adalah studi ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan daripada perilaku manusia dan biasanya dengan fokus pada perilaku di bawah kondisi alam, dan melihat sebuah perilaku sebagai sifat adaptif evolusioner. Behaviorisme adalah istilah yang juga menggambarkan studi ilmiah dan objektif tentang perilaku hewan, tetapi biasanya mengacu pada studi tentang perilaku manusia dan respon perilaku seseorang yang dilatih dalam konteks laboratorium, tanpa penekanan khusus pada tingkat adaptasi evolusi.

    ReplyDelete
  20. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Memahami etologi atau perilaku hewan dapat menjadi penting dalam pelatihan hewan. Mengingat perilaku alami dari spesies yang berbeda memungkinkan pelatih untuk memilih individu yang paling cocok untuk melakukan tugas yang diperlukan. Hal ini juga memungkinkan pelatih untuk mendorong kinerja perilaku alami dan juga penghentian perilaku yang tidak diinginkan

    ReplyDelete
  21. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Etologi merupakan cabang dari ilmu zoologi. Sehingga paham ini mempelajari mengenai perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.Etologi adalah kombinasi laboratorium dan lapangan ilmu pengetahuan, dengan hubungan yang kuat dengan beberapa disiplin ilmu lain seperti neuroanatomy, ekologi, dan evolusi.

    ReplyDelete
  22. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Etologi digunakan dalam pendekatan ilmu psikologi perkembangan dan dengan teori ini para ahli mencoba untuk menjelaskan bagaimana perilaku manusia. Mempelajari perilaku manusia secara alamiah, tidak seperti behaviorisme yang mempelajari dalam laboratorium. Teori ini memandang bahwa perilaku sangat dipengaruhi oleh biologi dan evolusi yang ditandai dengan periode.

    ReplyDelete
  23. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Etologi berkenaan dengan studi ilmiah dan obyektif perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilakunya. Memahami perilaku hewan penting dalam pelatihan hewan. Hewan yang terlatih dapat memungkinkan pelatih untuk memberikan tugas tertentu kepadanya. Misalnya untuk membantu melacak jejak para pencuri polisi bisa menggunakan anjing pelacak yang sudah terlatih. Selain itu ada juga peneliti yang mengamati perilaku manusia dengan memperhatikan dan mengeksperimenkan perilaku hewan, seperti percobaan awal yang dilakukan pada teori S-R.

    ReplyDelete
  24. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Ethology pada awal sejarahnya merupakan suatu cabang ilmu zoology yang mempelajari perilaku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Namun seiring berkembangan jaman, ilmu yang mempelajari perilaku hewan tersebut digunakan pula dalam dunia psikologi untuk mempelajari perilaku manusia. Oleh karena itu, dalam konteks psikologi, etologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dengan cara pengaturan yang alami. Jika dalam binatang mereka menggunakan insting, maka manusia istilahnya adalah intuisi. Intuisi pasda manusia merupakan suatu pengetahuan yang sudah diketahui secara alami tanpa harus diberitahukan terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  25. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Etologi berkaitan dengan studi ilmiah dan obyektif perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku di bawah kondisi alam, dan perilaku melihat sebagai sifat adaptif evolusioner. Di dalam bidang ethologi ini kita dapat memahami sebuah karakter, sifat dan perilakunya dari beberapa hewan yang berbeda-beda. Memahami perilaku hewan dapat menjadi penting dalam pelatihan hewan. Mengingat perilaku alami dari spesies atau ras yang berbeda memungkinkan pelatih untuk memilih individu yang paling cocok untuk melakukan tugas yang diperlukan. Melatih hewan tidaklah mudah, karena kita harus memahami psikologi hewan sehingga kita akan mempunyai ikatan batin yang erat untuk lebih dekat dengan hewan tersebut.

    ReplyDelete
  26. martin/Rwanda
    PPS2016PEP B
    Cognitive ethology is not, of course, immune to the general objections that philosophers of mind have mounted against using intentional notions for scientific purposes. But part of Dennett's skepticism about the longevity of intentionalistic psychology stems from his views about the indeterminacy of content attributions, particularly when it comes to specifying the contents of animal beliefs. THIS TYPE OF philosophy is still criticized by many readers.

    ReplyDelete
  27. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Ethologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku binatang secara natural yang ditunjukkan oleh binatang tersebut. Contohnya saat kera bergelantungan di pohon, ethology akan fokus dan khusus membahas tentang tingkah laku bergelantungan kera secara natural yang ditunjukkan oleh kera gtersebut.

    ReplyDelete
  28. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Etologi merupakan sebuah perilaku. Dimana setiap makhluk hidup akan melakukan interaksi dengan lingkungannya sejak pertama kali mereka dilahirkan. Etologi disini merupakan perilaku yang fokusnya terhadap hewan atau ilmu perilaku hewan. Adanya perilaku yang alami yang bisa dikatakan kebiasaan hewan dalam berperilaku. Garis besarnya mengatakan pada dasarnya sumber dari semua perilaku ada dalam gen. Ada insting dalam makhluk untuk mengembangkan perilakunya.

    ReplyDelete
  29. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    etologi berarti ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan atau karakter menekankan pada pengalaman fisik atau biologis maka kritiknya adalah terlalu menekankan pada biologis sedangkan kognisinya tidak tercapai.


    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  30. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Ethologi awalnya merupakan suatu cabang ilmu zoology yang mempelajari perilaku hewan, mekanisme, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Tingkah laku binatang yang dimaksud disini adalah tingkah laku binatang yang natural misalnya seperti ikan yang sedang berenang. Namun seiring berkembangan jaman, ilmu yang mempelajari perilaku hewan tersebut digunakan pula dalam dunia psikologi untuk mempelajari perilaku manusia. Oleh karena itu, dalam konteks psikologi, etologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dengan cara pengaturan yang alami. Jika dalam binatang mereka menggunakan insting, maka manusia istilahnya adalah intuisi. Intuisi pasda manusia merupakan suatu pengetahuan yang sudah diketahui secara alami tanpa harus diberitahukan terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  31. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Fokus etologi pada perilaku hewan dalam kondisi alamiah, sebagai lawan behaviorisme, yang berfokus pada studi respon perilaku dalam pengaturan laboratorium. Etolog biasanya tertarik dalam proses perilaku daripada dalam kelompok hewan tertentu, dan sering mempelajari satu jenis perilaku, seperti agresi, di sejumlah hewan yang tidak terkait.

    ReplyDelete
  32. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Etologi ialah studi ilmiah pada perilaku binatang yang dianggap sebagai cabang zoologi. Teori etologi diartikan sebagai ilmu yang bermula dari tingkah laku hewan.Tokoh yang menganut paham etologi adalah seorang naturalistis yang mempelajari hewan di lingkungan alami bukan di laboratorium (T Lawton, Joseph. 1982). Teori yang membahas tentang etologi antara lain;Teori seleksi alam (Darwin, 1859), Etologi Modern ( Lorenz dan Tindbergen), Teori Bowlby ( Teori Kelekatan).

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  33. Ethology merupakan ilmu yang mempelajari kebiasaan manusia dan organisasi sosialnya berdasarkan persepectif secara biologis. Ethology berkaitan dengan studi ilmiah dan obyektif perilaku hewan, biasanya dengan fokus pada perilaku di bawah kondisi alam, dan perilaku melihat sebagai sifat adaptif evolusioner. Oleh karena itu, dalam konteks psikologi, ethology merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dengan cara pengaturan yang alami. Jika dalam binatang mereka menggunakan insting, maka pada manusia kita kenal istilah intuisi. Intuisi pada manusia merupakan suatu pengetahuan yang diperoleh secara alami tanpa harus diberitahukan terlebih dahulu.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  34. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Itilah ethology berasal dari bahasa Yunani, ethos berarti karakter, dan logia berarti studi tentang. Ethologi adalah studi tentang perilaku binatang secara ilmiah dan objektif , biasanya terfokus pada perilaku hewan di alam bebas, dan menganggap tingkah laku tersebut sebagai sidat adaptif revolusioner. Istilah ini pertama kali dipopulerkan oleh myrmecologist (peneliti semut) Amerika, William Morton Wheeler pada Tahun 1902.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  35. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Ethology adalah studi objektif dan studi ilmiah dari kebiasaan hewan, biasanya dengan fokus pada kebiasana dibawah kondisi lami, dana melihat kebiasana sebagai adaptasi secara evolusi. Behaviorisme adalah istilah yang juga meggambrakn stdi ilmiah dan studi objektif mengnai kebiasaan hewan, biasa merujuk untuk mengukur respon respon behavioral atau tingkah laku di sebual lab.

    ReplyDelete
  36. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    Ethology bagian dari cabang ilmu biologi. Ethology merupakan studi ilmiah yang berkaitan dengan memahami perilaku hewan dengan keadaan ilmiahnya. Paham ini mencoba memahami perilaku manusia dalam keadaan alamiahnya. Jadi paham ini sangat bertentangan dengan behavioristik yang mana memahami perilaku hewan dilakukan di dalam labor tidak pada tempat terbuka.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id