Jan 13, 2013

ECUMENISM




Ass, jika ingin membaca tentang Ecumenism, bisa konek berikut:


Wss

42 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Berdasarkan sumber di atas, ecumenism atau ekumenisme adalah gerakan atau upaya oleh orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk kepada upaya menuju kesatuan terlihat dan organik dari gereja-gereja Kristen yang berbeda dalam beberapa bentuk. Dalam konteks ini, ekumenisme adalah gagasan persatuan umat Kristen dalam arti literal bahwa harus ada gereja tunggal. Ekumenisme adalah terpisah dan berbeda dari agama Kristen Nondenominational. Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Kata ini digunakan terutama sekali dalam kaitan dengan (dan oleh) agama Kristen untuk merujuk pada gerakan menuju persatuan atau kesatuan denominasi Kristen yang terpecah-pecah karena doktrin, sejarah, dan praktik.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Rhomiy handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Ekumenisme berasal dari bahasa Yunani oikos (=rumah) dan menein (=tinggal), sehingga oikoumene berarti "rumah yang ditinggali" atau "dunia yang didiami". Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama

    ReplyDelete
  3. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Ecumenism merupakan paham yang ingin mempersatukan agama agama Kristen yang selama ini terpisahkan akan doktrin-doktrin yang berbeda. Berdasarkan http://en.wikipedia.org/wiki/Ecumenism ekumenisme terutama mengacu pada inisiatif yang ditujukan untuk kesatuan umat Kristen. Secara umum gerakan ini dimaknai sebagai usaha yang ada dalam masyarakat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Secara umum gerakan ini merujuk pada suatu gerakan yang bertujuan untuk mewujudkan nilai-nilai keadilan, kebenaran dan kemanusiaan yang bersumber dari tradisi agama yang paling hakiki, yakni memanusiakan manusia. Sehingga paham ini tentunya tidak lepas dari hubungan antar agama

    ReplyDelete
  4. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Ekumenisme adalah inisiatif interdenominasi yang bertujuan untuk kerjasama yang lebih besar antara berbagai agama. Ini terutama mengacu pada sekte Kristen yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Kata ini digunakan terutama sekali dalam kaitan dengan agama Kristen untuk merujuk pada gerakan menuju persatuan atau kesatuan denominasi Kristen yang terpecah-pecah karena doktrin, sejarah, dan praktik.

    ReplyDelete
  5. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Ekumenisme dalam pengertian yang luas merupakan inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia, terutama antara agama-agama kristen. Ekumenisme ini juga dapat dilihat sebagai suatu doktrin tentang gerakan yang mempromosikan peningkatan kerjasama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau berbagai denominasi yang berbeda menuju kepada satu kesatuan kristian yang umum. Gerakan ini berkembang tidak hanya pada agama-agama Kristen saja, tetapi melibatkan agama-agama lain. Gerakan ini bukan untuk membawa umat lain ke agama yang satu.

    ReplyDelete
  6. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Ekumenisme adalah aliran filsafat yang mempercayai keagamaan menuju keesaan. Hal tersebut sama halnya dengan sila pertama Pancasila, yaitu 'KeTuhanan Yang Maha Esa'. Di Indonesia, agama yang diakui negara adalah Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, dan Konghuchu. Pada zaman kemerdekaan, dalam pembuatan Pancasila, guna menghindari perpecahan rakyat Indonesia karena perbedaan agam, dibuatlah sila pertama yang dianggap lebih netral tanpa memihak salah satu agama. Karena berapapun jenis agama di dunia ini, hanya ada satu Tuhan, yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  7. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Ecumenism atau dalam bahasa Indonesia berarti Ekumenisme (kadang dieja oikoumenisme) berasal dari bahasa Yunani, oikos (rumah) dan menein (tinggal), sehingga oikoumenisme berarti “rumah yang ditinggali” atau “dunia yang didiami”.
    Dalam pengertian yang lebih luas, ecunism berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan ecunism itu sendiri adalah untuk peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antar kelompok beragama.

    ReplyDelete
  8. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama Ekumenisme sendiri sebenarnya bisa dimaknai sebagai gerakan yang menyertakan dan memasukkan unsur-unsur yang ada dalam masyarakat demi mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  9. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Ecumenisme adalah paham yang ingin mempersatukan agama agama kristen yang selama ini terpisahkan akan doktrin doktin yang berbeda. Dengan adanya ecumenisme ini juga terjadi penyatuan antar agama yang dipersatukan. Agama agama yang dipersatukan antara lain. Kaum ekumenis adalah mereka yang membuka diri pada komunikasi lain,dan juga pengaruh dari tradisi dan peradaban yang lain.Kontak dan saling pengaruh antar peradaban memang sama sekali tak terhindarkan. Hampir mustahil membayangkan suatu peradaban yang “murni” secara total, serta terisolasi sama sekali dari pengaruh-pengaruh di sekitarnya. Kata kontras dengan dialog antar agama atau pluralisme agama yang bertujuan untuk kesatuan atau kerja sama di antara beragam agama dan mengacu pada 'kesatuan agama' di seluruh dunia dengan advokasi rasa kerohanian yang lebih besar bersama.

    ReplyDelete
  10. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Ecumenism atau ekumenisme berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos yang berarti rumah dan menein yang berarti tinggal. Jadi ekumenisme bermakna rumah yang ditinggali atau dunia yang didiami. Aliran ini bertujuan kepada sebuah inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Pada tahun 1910 terjadi gerakan ekumenis yang bertujuan untuk mempersatukan gereja-gereja protestan sedunia.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  11. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Ecumenism atau ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia dengan tujuan untuk meningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Kata ini sebenarnya digunakan terutama dalam kaitan dengan agama Kristen untuk merujuk pada gerakan menuju persatuan atau kesatuan denominasi Kristen yang terpecah-pecah karena doktrin, sejarah, dan praktik. Karena itulah muncul gerakan ekumenis yang tujuannya adalah menciptakan keesaan gereja, sehingga diharapkan seluruh umat Kristen di dunia dapat bekerja sama dan saling mendukung.

    ReplyDelete
  12. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Ekumenisme adalah upaya oleh orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk kepada upaya menuju kesatuan terlihat dan organik dari gereja-gereja Kristen yang berbeda dalam beberapa bentuk. Sifat ekumenis juga dapat diterapkan untuk setiap inisiatif interdenominasi yang mendorong kerjasama yang lebih besar di antara orang Kristen dan gereja-gereja mereka, apakah tujuan spesifik dari upaya itu.

    ReplyDelete
  13. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dari link diatas, Ekumenisme adalah upaya oleh orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk kepada upaya memperlihatkan persatuan dan keseimbangan dari gereja-gereja Kristen yang berbeda dalam beberapa bentuk. Terminology ini jika dekstensifkan dapat berarti upaya menciptakan pandangan pihak lain atau suatu obyek bahwa subyek-subyek sama, satu visi dibalik fakta adanya perbedaan diantara subyek-subyek tersebut.

    ReplyDelete
  14. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Ekumenisme berasal dari bahasa Yunani oikos (=rumah) dan menein (=tinggal), sehingga oikoumene berarti "rumah yang ditinggali" atau "dunia yang didiami". Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. (https://id.wikipedia.org/wiki/Ekumenisme)

    ReplyDelete
  15. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Ekumenisme mengacu pada gerakan atau upaya mempromosikan persatuan. Dalam arti yang lebih umum, mungkin juga merujuk pada gerakan mempromosikan persatuan di seluruh dunia di antara berbagai agama melalui kerjasama yang lebih besar dan meningkatkan pemahaman. Ide ini biasanya dinyatakan dalam bentuk kata sifat yang, ekumenis , dalam hal seperti "berpikir ekumenis," "kegiatan ekumenis," atau "gerakan Oikoumene". Kata Oikoumene (juga oecumenism dan ekumene) diambil dari bahasa greek, berasal dari kata oikos yang artinya “rumah yang didiami”. Jika dicari padanannya dengan bahasa Indonesia barangkali lebih cocok artinya “Rumahtangga Tuhan untuk penghuni alam semesta”. Jadi, Ecumenism mengartikan rumah Tuhan yang didiami di bumi. Rumah/Oikoumene itu mempunyai unsur yang terdiri dari kasih, keadilan, harmoni, perdamaian, mengampuni dan kebajikan

    ReplyDelete
  16. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Ekumenisme dapat diartikan sebagai "rumah yang ditinggali" atau "dunia yang didiami". Sebagaimana humanitas menjadi satu “keluarga” dan dunia menjadi “desa global”, maka kita harus mengesampingkan agama, budaya, dan parokialisme etnosentris demi mengejar ekofilosofi dalam mengidentifikasi tempat yang layak bagi manusia di alam dan tempat yang layak bagi alam di kota manusia, yang meneguhkan konaturalis manusia dan alam. Dalam Sinism, ekumenisme ekologis baik dalam teori dan praktik telah memperkaya visi dari tema abadi “Kesatuan yang Besar”.

    ReplyDelete
  17. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Ketika kita berpikir dan bertindak untuk saling menyisihkan, akan berisiko pada kerusakan dan kematian. Sebaliknya, kesediaan kita untuk menyatukan seluruh kekuatan, sentimen, opini dan pikiran yang luhur, mewujudkan tujuan dari ekumenisme ekologi untuk menciptakan kesatuan, yang memungkinkan kita berada di garda depan untuk membuat bumi aman dan nyaman, bukan hanya bagi manusia generasi sekarang dan generasi yang akan datang tetapi juga bagi segenap benda-benda di alam. Masa depan ada di tangan kita untuk mencipta dan mencipta ulang, karena kita adalah satu-satunya makhluk yang menolak untuk menjadi apa adanya.

    ReplyDelete
  18. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang ecumenism dalam filsafat. InsyaAllah link tersebut dan isinya akan bermanfaat bagi seluruh pembaca dalam blog ini khususnya saya, mungkin sekarang, besok, atau seterusnya. Semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Amin.

    ReplyDelete
  19. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari link tersebut, ecumnism adalah setiap upaya yang bertujuan untuk persatuan umat Kristen di seluruh dunia. Dari yang sering terlihat, yaitu persatuan dari gereja-gereja umat kristen dalam beberapa bentuk.

    ReplyDelete
  20. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Sifat ecumenical juga dapat diterapkan untuk setiap inisiatif interdenominasional yang mendorong kerjasama yang lebih besar antara Kristen dan gereja-gereja mereka, apakah tujuan spesifik dari upaya itu terpenuhi atau tidak, kesatuan akan tetap terlihat.

    ReplyDelete
  21. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Ekumenisme adalah terpisah dan berbeda dari agama Kristen Nondenominational. Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Sifat ekumenis juga dapat diterapkan untuk setiap inisiatif interdenominasi yang mendorong kerjasama yang lebih besar di antara orang Kristen dan gereja-gereja mereka.

    ReplyDelete
  22. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk kepada upaya menuju kesatuan terlihat dan organik dari gereja-gereja Kristen yang berbeda dalam beberapa bentuk. Secara umum gerakan ini dimaknai sebagai usaha yang ada dalam masyarakat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik yang bertujuan untuk mewujudkan nilai-nilai keadilan, kebenaran dan kemanusiaan yang bersumber dari tradisi agama yang paling hakiki, yakni memanusiakan manusia.

    ReplyDelete
  23. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Dalam pengertiannya yang paling luas ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Ekumenisme adalah upaya oleh orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik dan secara tidak langsung sekaligus mendorong kerjasama yang lebih besar di antara orang Kristen dan gereja-gereja.

    ReplyDelete
  24. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Ekumenisme ini diharapkan dapat mencegah terjadinya perdebatan antar kelompok orang yang memiliki paham berbeda, serta diharapkan dapat meningkatkan sikap toleran antar umat beragama. Ecumenism merupakan suatu paham dalam filsafat yang salah satu tujuannya adalah meningkatkan kerja sama dan saling toleransi antara kelompok umat beragama. Dari sisi pandang Islam, bahwa Tuhan menghendaki umatnya beragama, karena sesungguhnya keragaman atau perbedaan yang ada merupakan bagian dari sunnatallah. Hal ini terbukti dengan diberikannya pilihan-pilihan oleh Allah SWT untuk hamba-Nya apakah akan beriman atau tidak, dijelaskan dalam QS. Al-kafirun:6 “bagimu agamamu dan bagiku agamaku”

    ReplyDelete
  25. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Ekumenisme adalah suatu gagasan yang bertujuan untuk menyatukan agama, khususnya agama kristen. pemersatuan jemaah-jemaah yang ada di semua gereja tersebut dilakukan guna pemenuhan kebutuhan dan kerjasama dalam melaksanakan setiap-setiap kegiatan yang berhubungan dengan persatuan umat. Secara umum, saya dapat menyimpulkan bahwa dengan ekumenisme ini diharapkan dapat mencegah terjadinya perdebatan antar kelompok orang yang memiliki paham berbeda, serta diharapkan dapat meningkatkan sikap toleran antar umat beragama.

    ReplyDelete
  26. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Ekumenisme ini digunakan karena sering terjadi perpecahan oleh gerakan-gerakan yang ingin merusak suatu kelompok-kelompok lain. Oleh karena itu untuk merujuk pada gerakan menuju persatuan atau kesatuan denominasi Kristen yang terpecah-pecah maka dengan ekumenisme ini dapat di gunakan untuk menyatukan orang kristen dan gereja-gereja dan untuk dapat membangun hubungan yang lebih harmonis.

    ReplyDelete
  27. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    I have no many things to tell about the ECUMENISM, but i remember that it is A movement promoting worldwide unity among religions through greater cooperation and improved understanding.

    ReplyDelete
  28. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Ekumenisme merupakan paham tentang penyatuan untuk mendapatkan satu kesatuan sehingga menurut paham ini, jika sesuatu itu bisa disatukan, maka akan mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Mereka menjalankan sutau gerakan untuk mewujudkan sebuah nilai keadilan, kebenaran dan kemanusiaan yang sumbernya berasal dari tradisi agama yang paling utama. Sehingga mereka yang berpandangan ekumenis, tidak bisa mengabaikan hubungan antar agama.

    ReplyDelete
  29. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Ekumenisme adalah aliran filsafat yang mempercayai keagamaan menuju keesaan. Hal ini seperti sila pertama Pancasila, mengakui adanya Tuhan. Dibuat netral dan tidak mengarah pada agama apapaun supaya hidup rukun dan damai.



    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  30. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Dalam konteks khusus ini, ekumenisme merujuk pada gagasan persatuan umat Kristen dalam arti harfiah: bahwa harus ada satu Gereja. Tidak menjadi bingung dengan Kristen Nondenominational. Kata kontras dengan dialog antar agama atau pluralisme agama yang bertujuan untuk kesatuan atau kerja sama di antara beragam agama dan mengacu pada 'kesatuan agama' di seluruh dunia dengan advokasi rasa kerohanian yang lebih besar bersama.

    ReplyDelete
  31. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Ekumensime merupakan paham yang memusatkan perhatian pada masalah-masalah yang spesifik yaitu korelasi antara denominasi suatu keyakinan tertentu, di mana keyakinan tertentu tersebut secara dogmatis dijabarkan. Adapun dewan keyakinan tersebut se-Dunia tersebut melakukan gerakan ekumenis yang menyatukan gerakan antar iman.
    Islam memiliki ciri khas yang berbeda dengan agama yang lain dan memiliki seperangkat peraturan kehidupan yang wajib untuk dilakukan. Begitupun agama tertentu juga memiliki keyakinan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya. Islam melindungi hak penganut agama yang lain dalam beribadah. Bahkan kaum muslim wajib melindungi harta, darah dan kehormatan kaum non-muslim seperti dia melindungi dirinya sendiri. Jika kaum muslim melanggar hak kaum non-muslim, maka kaum muslim tersebut akan menerima hukuman yang setara dengan perbuatannya.

    Namun, bukan berarti pemahaman islam dgn agama lain dapat disatukan, untuk mencapai suatu kesepakatan. Karena masing-masing memiliki cara pandang yang berbeda terhadap cara beribadahnya. Mencampur islam dengan kepercayaan lain seperti mencampurkan minyak ke dalam air, yang tidak bisa untuk disatukan. Wallahu’alam bi shawab.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  32. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Ecumenisme merujuk pada usaha orang-orang Kristiani dari gereja yang berbeda tradisi unuk membangun hubungan lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ecumenism dan ecumenical berasal dari Yunani yang artinya "seluruh penduduk dunia" dan sejarah historis digunagakan dengan rujukan speisifik kepada kerajaan romawi, tujuannya adalah untuk mengklarifikasi hal-hal berkaitan dengan teologi dan doktrin kristen.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  33. Ecumenism merujuk kepada gerakan yang mempromosikan penyatuan semua agama terutama antara agama-agama Kristian. Gerakan ini untuk mempromosikan kerjasama dan pemahaman yang lebih baik antara berbagai denominasi yang berbeda; bertujuan untuk menuju kepada satu kesatuan Kristian yang umum. Dalam penerapannya di dunia modern, seperti perbedaan antara Muhammadiyah dan NU yang seharusnya perbedaan prinsip tidak menjadikan perpecahan tapi justru toleransi yang lebih tinggi karena agamanya tetap sama yaitu islam, tidak perlu saling mencaci dan merasa unggul satu dari yang lain karena agama itu masalah kepercayaan dan kepercayaan adalah masalah hati. Kita adalah makhluk yang dijamin hak azasinya terutama dalam memilih agama maka beragamalah dengan baik tanpa mengganggu privasi orang lain.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  34. Ecumenism merujuk kepada gerakan yang mempromosikan penyatuan semua agama terutama antara agama-agama Kristian. Gerakan ini untuk mempromosikan kerjasama dan pemahaman yang lebih baik antara berbagai denominasi yang berbeda; bertujuan untuk menuju kepada satu kesatuan Kristian yang umum. Dalam penerapannya di dunia modern, seperti perbedaan antara Muhammadiyah dan NU yang seharusnya perbedaan prinsip tidak menjadikan perpecahan tapi justru toleransi yang lebih tinggi karena agamanya tetap sama yaitu islam, tidak perlu saling mencaci dan merasa unggul satu dari yang lain karena agama itu masalah kepercayaan dan kepercayaan adalah masalah hati. Kita adalah makhluk yang dijamin hak azasinya terutama dalam memilih agama maka beragamalah dengan baik tanpa mengganggu privasi orang lain.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  35. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan mateatika c 2013

    Ecumenisme merujuk pada usaha orang kristen dari berbeda tradisi gereja untuk menegmbangkan hubungan yang lebih dekat dan peahman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunkaan untuk merujuk persatuan organi atau persatuan yang tampak dari gereja orang kriten yang berbeda dari beberap aspek.

    ReplyDelete
  36. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    Ecumenism merupakan sebuah gerakan yang mengupayakan adanya penyatuan semua agama, apalagi antar agama. Islam contohnya, agama islam terbagi beberapa aliran yang mempunyai cara yang berbeda-beda untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Nya. Walaupun islam terdiri dari berbagai aliran, namun tidak mesti bercerai berai. Alasannya satu, yaitu mempunyai tujuan yang sama mengharapka ridha Allah SWT

    ReplyDelete
  37. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Berdasarkan link di atas menjelaskan bahwa ekumenisme adalah upaya oleh orang Kristen dari tradisi gereja yang berbeda untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dan pemahaman yang lebih baik. Istilah ini juga sering digunakan untuk merujuk kepada upaya menuju kesatuan dari gereja-gereja Kristen yang berbeda dalam beberapa bentuk.

    ReplyDelete
  38. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Kata ini digunakan terutama sekali dalam kaitan dengan (dan oleh) agama Kristen untuk merujuk pada gerakan menuju persatuan atau kesatuan denominasi Kristen yang terpecah-pecah karena doktrin, sejarah, dan praktik.

    ReplyDelete
  39. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Ekumenisme pada awalnya adalah inisiatif interdenominasi sebagai tujuan kerjasama yang lebih besar di antara gereja-gereja Kristen. Dalam pengertiannya yang paling luas, ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Perbedaan keyakinan atau agama ditemui di negara kita sendiri, Indonesia yang mengakui beberapa agama yakni Islam, Kristen, Hindu, dan Budha. Ekumenisme bertujuan untuk menigkatkan toleransi antar umat beragama tersebut.

    ReplyDelete
  40. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi didalam agama yang sama. Apabila dikaitkan dalam kehidupan bermarsyarakat maka bisa saja ini kita pandang sebagai ajakan untuk mengesampingkan perbedaan agama yang ada dan lebih fokus pada tujuan universal dari agama yakni menciptakan kedamaian di muka bumi ini. Oleh karenanya, dibutuhkan rasa toleransi yang tinggi dan penanaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  41. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Ekumenisme adalah inisiatif interdenominasi yang bertujuan untuk kerjasama yang lebih besar antara berbagai agama. Ini terutama mengacu pada sekte Kristen yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Saya kurang memahami benar filsafat ini karena saya bukanlah seorang kristiani. Tetapi yang dapat saya petik intinya seperti yang telah berjalan bagi katholik, dimana terdapat organisir yang baik yang dipimpin oleh Paus di Vatikan.

    ReplyDelete
  42. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Berdasarkan referensi yang saya baca, Ekumenisme berarti inisiatif keagamaan menuju keesaan di seluruh dunia. Tujuan yang lebih terbatas dari ekumenisme adalah peningkatan kerja sama dan saling pemahaman yang lebih baik antara kelompok-kelompok agama atau denominasi di dalam agama yang sama. Ekumenisme ini mencegah terjadinya perdebatan antar kelompok orang yang mempunyai paham yang berbeda, serta meningkatkan sikap toleran antar umat.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id