Jan 13, 2013

DIALECTICISM




Ass, jika ingin membaca tentang Dialecticism, bisa konek berikut:


Wss

41 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Dialektika atau metode dialektika, adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang subjek tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen beralasan. Jadi dalam hal pembelajaran khususnya pembelajaran matematika sesuai untuk diterapkan pada siswa untuk membangun konsep matematikanya. Dalam hal ini guru dapat memberikan soal yang berbasis masalah atau soal yang open-ended, sehingga saat mengerjakan akan ditemukan berbagai langkah untuk menemukan jawabannya. Dealitika juga berhubungan dengan bagaimana mengembangkan kemampuan penalaran siswa, karena pada saat memberikan jawaban harus disertai dengan argumen yang beralasan atau tepat.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Rhomiy handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Dari sumber yang diberikan, Dialektika merupakan suatu metode untuk menyelesaikan suatu perselisihan dengan cara menyampaikan argumen yang telah diterapkan oleh Eropa dan India pada zaman dahulu. Dialektika memiliki beberapa arti, dan makna yang telah berevolusi dari waktu ke waktu. Paham ini dicetuskan oleh hegel. Yang terkenal adalah dengan tesis-antitesis-sintesis dialektikanya, yang merupakan bentuk terbaru dari dialektika.
    Dahulu, dialektika merupakan metode argumen untuk menyelesaikan perselisihan yang terjadi di Eropa dan India. Kata dialektika berasal di Yunani kuno, dan dipopulerkan oleh Plato dalam dialog Socrates. Metode dialektik adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang suatu subjek, yang ingin menegakkan kebenaran dengan segala hal yang mendukungnya, jika itu memang suatu kebenaran. Sehingga, dengan dialektika ini, akan menemui sebuah kebenaran. Sedangkan dalam kehidupan hal ini sangat diperlukan selama tujuan dari perbedaan pendapat untuk mencari kebenaran demi kepentingan bersama

    ReplyDelete
  3. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Dialektika berasal dari Bahasa Yunani, berarti suatu seni berdiskusi dengan aturan-aturan khusus atau "seni berdebat" . Metode dialektika dikembangkan dengan serius oleh kalangan Hegelian. Dari dialektika ini saya belajar bahwa kedua belah pihak yang terlibat tidak ada yang diam. Berdebat disini mengandung makna bahwa saling bertukar pikiran, bukan berkelahi. Melalui dialektika maka akan terjadi share ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  4. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Dialektika merupakan suatu metode untuk menyelesaikan suatu perselisihan dengan cara menyampaikan argumen yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih yang membahas suatu objek pembicaraan untuk memperoleh suatu kebenaran dengan argumen dari masing-masing pihak. Socrates mengatakan bahwa kebenaran sebagai nilai tertinggi bisa ditemukan melalui akal dan logika dalam diskusi. Menurut Socrates diskusi merupakan sarana yang tepat untuk persuasi, penemuan kebenaran, dan penentu tindakan seseorang.

    ReplyDelete
  5. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Dialektik adalah wacana antara dua orang atau lebih yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang sesuatu dan ingin menegakkan kebenaran dengan argumen yang beralasan. Berdasarkan perkembangan konflik tersebut, dialektika ialah tesis, anti tesis, dan sintesa. Menurut pandangan ini, tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, sementara yang absolut hanyalah semangat revolusionernya. Semangat revolusioner yang dimaksud adalah perubahan atau pertentangan tesis oleh anti tesis menjadi sintesis.

    ReplyDelete
  6. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Dialektisisme berasal dari kata dialek yang artinya adalah komunikasi dua arah (dialog). Selain itu, kebenaran harus terikat oleh ruang dan waktu, tidak semua kesalahan yang tidak disengaja adalah kesalahan, bisa jadi itu sebuah kebenaran dikarenakan untuk melingungi seseorang dari penjahat misalnya.

    ReplyDelete
  7. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Dialecticism adalah cara penyelesaian masalah melalui perdebatan. Perdebatan ini tidak berarti debat usir yang emosional. Untuk memenangkan perdebatan di sini dapat dapat dilakukan dengan membujuk lawan, membuktikan bahwa argumen kita benar dan argumen lawan adalah salah. Dialektika juga dikenal sebagai metode dialektika, adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang subjek tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen beralasan. Istilah ini dipopulerkan oleh dialog Socrates Plato tetapi tindakan itu sendiri telah menjadi pusat filsafat Eropa dan India sejak sejarah kuno.

    ReplyDelete
  8. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Dialectisism merupakan salah satu bentuk komunikasi. Secara sederhana, dialectisism dapat didefinisikan sebagai cara penyelesaian masalah melalui perdebatan.
    Apabila dikaitkan dengan spiritualism, ajaran dalam Islam melarang perdebatan kusir dan menganjurkan menghindarinya. Dan sebagai negara demokrasi, setiap orang berhak menyampaikan pendapatnya sehingga terjadilah banyak demo yang tak jarang menjadi ajang perdebatan antar golongan.
    Makna dialecticism disini bukanlah bentuk komunikasi negatif seperti yang dikemukakan di atas. Segala sesuatu ada caranya. Tergantung kita melakukan dnegan cara positif atau negatif. Lakukanlah komunikasi secara positif. Terlebih apabila menyelesaikan masalah, selesaikan masalah tanpa masalah.

    ReplyDelete
  9. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Menurut link yang Bapak bagikan di atas dialectic atau dialek merupakan wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki pandangan berbeda tentang suatu subjek, tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen yang beralasan. Dialektika telah menjadi pusat dari kontinental filsafat. Dialektika telah memasuki budaya intelektual benua Eropa. Sedangkan berbeda dengan di Amerika dan Inggris yang memegang aliran positivisme.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  10. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Dialektika (juga dialektika dan metode dialektik) adalah metode argumen untuk menyelesaikan perselisihan yang telah menjadi pusat filsafat Eropa dan India sejak jaman dahulu. Kata dialektika berasal di Yunani kuno, dan dipopulerkan oleh Plato dalam dialog Socrates. Dialektika adalah Ilmu Pengetahuan tentang hukum yang paling umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Metode dialektika – dialog dari Socrates merupakan metode atau cara memahami suatu dengan melakukan dialog. Dialog berarti komunikasi dua arah, ada seseorang berbicara dan ada seseorang lain yang mendengarkan. Dalam pembicaraan yang terus menerus dan mendalam diharapkan orang dapat menyelesaikan probelem yang ada. Metode dialektika menurut Hegel adalah suatu metode atau cara memahami dan memecahkan persoalan atau problem berdasarkan tiga elemen yaitu tesa, antitesa dan sintesa. Tesa adalah suatu persoalan atau problem tertentu, sedangkan antitesa adalah suatu reaksi, tanggapan, ataupun komentar kritis terhadap tesa (argumen dari tesa). Dari dua elemen tersebut diharapkan akan muncul sintesa, yaitu suatu kesimpulan.

    ReplyDelete
  11. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Dialektika berarti sesuatu itu hanya benar apabila dilihat dengan seluruh hubungannya. Dialektika bisa juga dirumuskan sebagai teori tentang persatuan hal-hal yang bertentangan. Contoh yang tepat untuk menjelaskan dialektika adalah dialog. Dalam setiap dialog, terdapat sebuah tesis, yang kemudian melahirkan anti-tesis, dan selanjutnya muncul sintesis. Proses demikian berulang terus menerus.

    ReplyDelete
  12. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan link di atas, sekolah dialektis menunjukkan sekelompok filsuf Helenistik dengan minat mereka dalam paradoks logis, logika proporsional dan keahlian dialektis. Dua anggota paling terkenalnya adalah Diodorus Cronus dan Philo Logician, membuat kontribusi inovatif untuk pengembangan teori conditional dan logika modal. Philo memperkenalkan versi implikasi material; Diodorus menyusun pelopor implikasi yang ketat. Setiap mengembangkan sistem gagasan modal yang memenuhi persyaratan logis dasar yang ditetapkan oleh teori modal standar modern.

    ReplyDelete
  13. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    kata 'dialektika' berasal dari bahasa Yunani dan memiliki tiga konotasi klasik. Dalam tulisan-tulisan Plato , dialektika adalah kendaraan yang sangat bernilai bagi kebenaran;itu mirip dengan dialog dan terkait erat dengan metode Sokrates. Aristoteles, di sisi lain, percaya bahwa dialektika adalah bentuk inferior dari penalaran, karena didasarkan pada pengetahuan apriori daripada pengamatan empiris. Akhirnya, Cicero dialektika terkait dengan retorika.

    ReplyDelete
  14. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Dialektika juga merupakan metode pemikiran, atau media filosofis, melalui mana kontradiksi menjadi titik awal (bukan jalan buntu) untuk kontemplasi.Dengan demikian, dialektika adalah media yang membantu kita memahami dunia yang disiksa oleh paradoks

    ReplyDelete
  15. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dari link https://en.wikipedia.org/wiki/Dialectic dialektika adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang subjek tetapi ingin membangun kebenaran melalui argument yanglogis atau beralasan. Dialektika secara istilah tidak identik dengan perdebatan panjangyang prakteknya sering menampilkan komitmen emosional yang mungkin mengaburkan penilaian rasional sebagaimana yang dilakukan oknum-oknum ahli retorika untuk kepentingan tertentu. Dialektika yang baik dan benar hendaknya mencintoh dialektik sebagaimana yang dikemukakan atau diajarkan para filsuf seperti Socrates, hegel dan lainnya.

    ReplyDelete
  16. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Dialektika menurut Hegel adalah dua hal yang dipertentangkan lalu didamaikan, atau biasa dikenal dengan tesis (pengiyaan), antitesis (pengingkaran) dan sintesis (kesatuan kontradiksi). Pengiyaan harus berupa konsep pengertian yang empiris indrawi. Pengertian yang terkandung di dalamnya berasal dari kata-kata sehari-hari, spontan, bukan reflektif, sehingga terkesan abstrak, umum, statis, dan konseptual. Pengertian tersebut diterangkan secara radikal agar dalam proses pemikirannya kehilangan ketegasan dan mencair. Pengingkaran adalah konsep pengertian pertama (pengiyaan) dilawan artikan, sehingga muncul konsep pengertian kedua yang kosong, formal, tak tentu, dan tak terbatas. Menurut Hegel, dalam konsep kedua sesungguhnya tersimpan pengertian dari konsep yang pertama. Konsep pemikiran kedua ini juga diterangkan secara radikal agar kehilangan ketegasan dan mencair. Kontradiksi merupakan motor dialektika (jalan menuju kebenaran) maka kontradiksi harus mampu membuat konsep yang bertahan dan saling mengevaluasi. Kesatuan kontradiksi menjadi alat untuk melengkapi dua konsep pengertian yang saling berlawanan agar tercipta konsep baru yang lebih ideal.

    ReplyDelete
  17. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Metode dialektika, yang sebenarnya telah diterapkan oleh seorang filsuf bernama Zeno yang merupakan murid dari Parmenindes. Meskipun demikian, Socrateslah yang mengembangkan metode ini. Cara kerjanya adalah seperti nama metodenya yaitu dengan cara bertanya-jawab atau berdialog. Dalam dialog Plato berjudul Parmenindes, Zeno mengungguli Socrates lewat cara yang sama dengan yang terjadi dalam dialog-dialog Plato lainnya di mana Socrates mengungguli orang-orang lain. Namun ada cukup alasan untuk menduga bahwa Socrates mempraktikkan sekaligus mengembangkan merode ini. Metode Socrates dinamakan dialektika karena dialog mempunyai peranan penting didalamnya.

    ReplyDelete
  18. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Seni dialektika secara umum belum diaplikasikan untuk pertama kali kecuali oleh Sokrates. Dialah yang selalu menggunakan dua metode berikut yang keduanya berdasarkan pada hipotesa, seperti tercermin dalam dialog-dialog Plato, yaitu pertama mematahkan argumentasi lawan dengan memberinya berbagai pertanyaan, sehingga ia menyerah dengan mengeluarkan pernyataan yang bertentangan dengan pernyataanya yang pertama. Kedua, membawanya kepada proses generalisasi, yaitu dengan memaksanya untuk menerima kebenaran pernyataanya melalui serangkaian contoh berupa partikel-pertikel yang lebih kecil. Metode ini biasa disebut dengan metode induksi.

    ReplyDelete
  19. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Konsep dialektikal dari dunia dan perkembangannya dikembangkan pertama kali oleh filsuf Yunani, Heraclitus. Dia percaya bahwa segala sesuatu dalam alam ini berubah secara terus menerus dengan konstan dan saling berhubungan satu sama lain. Perubahan secara terus menerus itu terjadi karena segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada itu menempati ruang dan waktunya masing-masing.

    ReplyDelete
  20. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang dialecticism dalam filsafat. InsyaAllah link tersebut dan isinya akan bermanfaat bagi seluruh pembaca dalam blog ini khususnya saya, mungkin sekarang, besok, atau seterusnya. Semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Amin.

    ReplyDelete
  21. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari link tersebut dialektika atau yang juga dikenal sebagai metode dialektis, adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda tentang subjek tertentu, tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen-argumen. Istilah dialektika dipopulerkan oleh dialog Socrates Plato tetapi tindakan itu sendiri telah menjadi pusat filosofi Eropa dan India sejak jaman dahulu.

    ReplyDelete
  22. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Dialektika adalah Ilmu Pengetahuan tentang hukum yang paling umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Metode dialektik adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang suatu subjek, yang ingin menegakkan kebenaran dengan segala hal yang mendukungnya, jika itu memang suatu kebenaran. Sehingga, dengan dialektika ini, akan menemui sebuah kebenaran.

    ReplyDelete
  23. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Dialektika secara istilah tidak identik dengan perdebatan panjang yang prakteknya sering menampilkan komitmen emosional yang mungkin mengaburkan penilaian rasional sebagaimana yang dilakukan ahli retorika untuk kepentingan tertentu. dialektika adalah alat yang sangat bernilai bagi kebenaran, itu mirip dengan dialog dan terkait erat dengan metode Sokrates. Di sisi lain, Aristoteles percaya bahwa dialektika adalah bentuk inferior dari penalaran, karena didasarkan pada pengetahuan rasionalism daripada pengamatan empiris.

    ReplyDelete
  24. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang subjek tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen beralasan biasanya disebut dengan istilah dialektika. Dialektika tumbuh dari logika formal di dalam perkembangan sejarah. Logika formal adalah sistem pengetahuan ilmiah besar pertama dari proses pemikiran. Pentingnya dialektika adalah dengan pemikiran baru yang dihasilkan melalui diskusi atau tanya jawab berdasarkan penambahan-penambahan dialog dapat memperdalam pemahaman dan pemecahan suatu masalah.

    ReplyDelete
  25. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Pada abad 19, seorang filsuf Jerman, Hegel, Berhasil menemukan semua hukum dasar dialektika, dengan studinya tentang Logika. Dialektika dalam bahasa Yunani adalah dialesthai yang artinya dialog, yang bermakna adanya komunikasi dan interaksi antara dua hal yang berbeda, sehingga menghasilkan pengetahuan yang baru. Pengandaian dasar dialektika Hegel adalah rasionalisme internal, yakni pengertian bahwa keseluruhan kenyataan dipahami sebagai manifestasi ruh, senantiasa terhubung satu sama lain dengan jejaring yang tak terputus.

    ReplyDelete
  26. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Dialektika sebuah metode dialektika untuk melakukan wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang subjek tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen beralasan. Dialektika bukanlah hasil penemuan dari pemikiran manusia tapi muncul secara independen dari pemikiran alam dan masyarakat. Kita juga dapat melihat bahwa dialektika lebih dari sekedar metode untuk mengetahui dunia. Tapi adalah untuk mentransformasikan dunia. Metode dialektis menghubungkan pengetahuan akan hukum perkembangan di dunia.

    ReplyDelete
  27. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    philosophical argument that involves some sort of contradictory process between opposing sides. In what is perhaps the most classic version of “dialectics”, the ancient Greek philosopher, Plato (see entry on Plato), for instance, presented his philosophical argument as a back-and-forth dialogue or debate, generally between the character of Socrates, on one side, and some person or group of people to whom Socrates was talking (his interlocutors), on the other. In the course of the dialogues, Socrates’ interlocutors propose definitions of philosophical concepts or express views that Socrates challenges or opposes.

    ReplyDelete
  28. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Dalam linguistik, istilah "dialecticism" memiliki dua makna dasar.Pertama, istilah ini kadang-kadang disebut istilah agregat sempit seperti "gaul" "profesionalisme" dllKedua (dan konsep ini jauh lebih menetap dialek) adalah nama kolektif kekhasan wilayah pidato. Di Rusia ada banyak dialek dan dialek dari bahasa Rusia.Hal ini karena negara multinasional, peristiwa sejarah, dan bahkan kondisi alam.Dialek begitu banyak bahwa bahkan di desa yang sama dalam kursus mungkin nama yang sama sekali berbeda dan pengucapan kata.Ada, misalnya, buku "Dialek Akchim River Village" di mana seluruh dialectologists desa sendiri menerima sekitar empat puluh dialek.

    ReplyDelete
  29. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Dialecticism merupakan paham dimana mereka menggunakannya sebagai suatu metode diskusi tertentu dan suatu cara tertentu dalam berdebat yang didalamnya ide-ide kontradiktif dan pandangan-pandangan yang bertentangan dilontarkan. Sehingga didalam diskusi tersebut ada dua orang atau lebih yang mempunyai pandangan yang berbeda untuk diperdebatkan. Dalam dialektika modern, perdebatan bukan lagi suatu metode pembahasan dan cara pandang tertentu untuk bertukar pendapat, namun telah berubah menjadi suatu metode untuk menerangkan realitas dan hukum umum alam yang berlaku dalam berbagai realitas dan macam-macam eksistensi.

    ReplyDelete
  30. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Dialectisism mengarah pada salah satu bentuk komunikasi. dialectisism dapat didefinisikan sebagai cara penyelesaian masalah melalui perdebatan. Dalam Islam, kita dianjurkan untuk menghindari perdebatan. Lakukan musyawarah positif agar permasalahan bisa selesai dengan baik.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  31. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Dialecticsm dapat dimaknai sebagai metode untuk menunjukkan suatu ketidak setujuan para orang-orang filsafat di daerah Eropa dan India sejak zaman purbakala. Metode ini menjadi lebih masyhur ketika digunakan oleh Plato pada suatu dialognya di Socratic. Kata lain, dialecticsm adalah percakapan yang dilakuakn oleh dua orang atau lebih yang membahas tentang sesuatu yang berbeda pada permasalahan tertentu yang dilakuakn pada orang-orang pada zaman purbakala.

    ReplyDelete
  32. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Dialektika dapat diartikan sebagai cara menyampaikan sesuatu atau perkataan dengan bahasa, sehingga dialektika dapat dijadikan materialnya suatu filsafat. Dengan dialek bahasa filsafat dapat disampaikan dan dapat dimengerti orang lain. Metode dialektik hegel terdiri dari tiga tahap. Yang pertama adalah tesis, yakni membangun suatu pernyataan tertentu. Yang kedua adalah antitesis, yakni suatu pernyataan argumentatif yang menolak tesis. Dan yang ketiga adalah sintesis, yakni upaya untuk mendamaikan tegangan antara tesis dan antitesis. Biasanya para ahli mengaitkan konsep dialektika ini dengan filsafat Hegel, walaupun Hegel sendiri tidak pernah secara eksplisit menyatakan argumennya melalui konsep tesis, antitesis, dan sintesis. Sebaliknya Hegel justru menyatakan, bahwa ia mendapatkan argumen itu dari filsafat kant. Lepas dari itu metode dialektik memang nantinya menjadi sangat populer di tangan para filsuf idealisme jerman, terutama di dalam pemikiran Hegel.

    ReplyDelete
  33. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Istilah dialektik (dialektika) telah ada sejak masa yunani kuno yang dipahami sebagai segala sesuatu berubah. Dialektika dalam bahasa Yunani adalah dialesthai yang artinya dialog, yang bermakna adanya komunikasi dan interaksi antara dua hal yang berbeda, sehingga menghasilkan pengetahuan yang baru.

    Bagi Marx, segala sesuatu yang bersifat rohani merupakan hasil materi. Sehingga dialektika yang dia kembangkan adalah dialektika materi. Bahwa dialektika terjadinya di dunia nyata bukan di dunia materi sebagaimana pandangan Hegel. Karena inilah filsafat Karl Marx disebut dengan materialisme dialektik. Dialektika adalah suatu fakt empiris, manusia mengetahuinya dari penyelidikan tentang alam, dikuatkan oleh pengetahuan lebih lanjut tentang hubungan sebab-musabab yang dibawakan oleh ahli sejaran dan sains.

    Marx berkesimpulan bahwa sebelum orang dapat mencapai kebahagiaan yang senyatanya, agama haruslah ditiadakan karena agama menjadi kebahagiaan semu dari orang-orang tertindas. Marx melihat bahwa sebetulnya agama bukan menjadi dasar penyebab keterasingan manusia. Agama hanyalah gejala sekunder dari keterasingan manusia. Agama menjadi semacam pelarian karena realitas memaksa manusia untuk melarikan diri.

    Inilah penyimpangan dari metode berpikir yang benar. Allah SWT menganugerahkan akal kepada manusia untuk memikirkan ciptaan-Nya agar manusia memahami akan eksistensi Allah SWT.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  34. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Dialektik (Dialektika) yg juga dikenal sebagai metode dialektika berasal dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah antara dua atau lebih orang yang memiliki pandangan berbeda tentang sebuah subjek tetapi sama-sama ingin menegakkan kebenaran melalui argumen-argumen. Dialektika berbeda dengan debat dan retorika. Metode dialektika menurut Hegel adalah suatu metode atau cara memahami dan memecahkan persoalan atau problem berdasarkan tiga elemen yaitu tesa, antitesa dan sintesa. Tesa adalah suatu persoalan atau problem tertentu, sedangkan antitesa adalah suatu reaksi, tanggapan, ataupun komentar kritis terhadap tesa (argumen dari tesa). Dari dua elemen tersebut diharapkan akan muncul sintesa, yaitu suatu kesimpulan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  35. Dialecticism merupakan paham tentang pemecahan masalah atau perbedaan pendapat/perdebatan melalui diskusi rasional dalam pencarian kebenaran. Perdebatan ini tidak berarti debat usir yang emosional. Untuk memenangkan perdebatan di sini dapat dilakukan dengan membujuk lawan, membuktikan bahwa argumen kita benar dan argumen lawan adalah salah. Resolusi lain dialecticism adalah dengan menyangkal anggapan dari tesis bersaing dengan antitesis sehingga menghasilkan sintesis. Menurut Socrates diskusi merupakan sarana yang tepat untuk persuasi, penemuan kebenaran, dan penentu tindakan seseorang.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  36. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Dialektik dikela sebagai etode dialektikal, adalah sebuah pembelajaran dua oran gatau lebih yag memili pandangan yang berbeda tenatng subjek tetapi menginginkan menegakkan kebenaran memaluai argumen yang masuk akal, jadui metode dialektikal berbeda dengan metode debat, debat cenderung penuh motif dan berkaitan dengan menang dan kalah, namun di dialektikal metod in cenderung mendekatai musywarah dan diskusi untuk mencarijalan keluar yang lebih baik atau mencapai kebenaran dnegn mneguslkan pendapayt masing-masin ginfdividu

    ReplyDelete
  37. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Dialecticism merupakan paham yang digunakan untuk mencari kebenaran. Orang yang menganut paham ini berusaha untuk menyatukan padangan dari beberapa orang atau narasumber yang memiliki persepsi yang berbeda. Dengan argumen-argumen tersebut, manusia akan mencoba mencari kebenaran dari persepsi tersebut.

    ReplyDelete
  38. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B S2 2016

    Berdasarkan salah satu link di atas menjelaskan bahwa dialecticism adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang subjek tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen beralasan.

    ReplyDelete
  39. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Dialektika dalam bahasa Inggris dialectic, dalam bahasa Yunanai dialektos yang artinya pidato, pembicaraan, perdebatan. Dialektika pada mulanya menunjuk pada debat dengan tujuan utama menolak argumen lawan atau membawa lawan kepada kontradiksi, dilema atau paradoks. Atau seni bertukar pendapat. Secara umum, seorang dialektikawan adalah seorang yang tidak membiarkan sesuatu dipersoalkan. Dialetik menganut paham untuk memperoleh sesuatu, melalui perdebatan. Melihat bahwasanya setia diri memiliki pemikiran atas suatu hal yang berbeda berdasarkan sudut pandang dan olah pikirnya masing masing.

    ReplyDelete
  40. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Dialektik (Dialektika) berasal dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah, istilah ini telah ada sejak masa yunani kuno ketika diintrodusir pemahaman bahwa segala sesuatu berubah (panta rei). Dalam paham ini, ditekankan bahwa dalam kehidupan ini tidak ada yang tetap/absolut, yang bersifat absolut hanyalah semangat revolusionernya (perubahan/pertentangan atas tesis oleh anti-tesis menjadi sintesis). hal ini memberikan pandangan pada kita bahwa dalam hidup ini tidak ada yang benar-benar tetap, karena semuanya akan mengalami perubahan sesuai dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  41. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Metode dialektik adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang topik yang ingin menegakkan kebenaran dari masalah dipandu oleh argumen beralasan.
    Paham filsafat in merupakan dasar dari ideologi Pancasila yang dianut bangsa Indonesia. Pahamnya mengenai musyawarah. Musyawarah disini jelas terjadi dialog antara dua orang atau lebih ynag saling bertukan pikiran. Dalam agama islam sendiri pun menganjurkan kita untuk bermusyawarah.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id