Jan 13, 2013

ACTUALISIM





Ass, jika ingin membaca tentang Actualism, bisa konek berikut:


Wss

29 comments:

  1. Hanifah Latifah Hadiat
    15709251074
    PMAT C PPS UNY 2015

    Actualisme adalah ajaran tentang perihal mengaktualkan atau aliran pengaktualan.Aktualisme mengajarkan manusia melakukan yang terbaik memaksimalkan kemampuannya. Aktualisasi sebagai tingkatan tertinggi dari perkembangan psikologis yang bisa dicapai bila semua kebutuhan dasar sudah dipenuhi. Aktualisasi juga merupakan kebutuhan setiap orang. Sehingga tiap masing-masing orang berusaha untuk dapat mengaktualisasikan dirinya.

    ReplyDelete
  2. Eka Hedayani
    15709259008
    PPS PMat P2TK 2015

    Aktualisme adalah Paham ttg kebenaran yg sesungguhnya / betul2 ada. Aktualisme memandang bahwa segala sesuatu dapat dikatakan keberadaannya di dalam akal. Sehingga segala hal yang ada di luar akal pikiran kita dianggap bukanlah hal yang ada dan tidak nyata. Penolakan actualism adalah possibilism.

    ReplyDelete
  3. MONICA RIZKI APRICILIA
    15709251068
    PPS PMAT-D

    Aktualisasi berhubungan dengan segala sesuatu yang bersifat aktual. Para aktualis tidak akan menerima hal-hal yang tidak aktual. Hal-hal yang tidak memiliki fakta dan kebenarannya masih diragukan. Paham ini mempercayai hal yang sebenarnya terjadi. Saya memaknai para aktualis mirip dengan rasionalis. Segala sesuatunya dihubung-hubungkan dengan akal. Aktualism mempercayai suatu klaim sebagai suatu aktual apabila bisa menjelaskan klaim tersebut tidak mungkin suatu nonaktual.

    ReplyDelete
  4. aktualisme adalah anggapan bahwa semua yang ada atau semua yang dapat dikatakan ada adalah yang sebenarnya. semua hal yang berada dalam pikiran adalah hal yang pasti ada, sehingga hal yang di luar pikiran dianggap bukan hal yang sebenarnya. Aktualisme ini bertentangan dengan possibilism yang mengganggap bahwa ada hal yang mungkin ada. aktualisme salah satu patokan yang setujui aliran pragmatik, inti dari pragmatik dilihat dari aktualisme adalah bahwa tiada kebenaran yang mutlak, yang berlaku umum, yang bersifat tetap, yang berdiri sendiri dan terlepas dari akal yang mengenal. Pengalaman itu senantiasa berubah, karena di dalam prakteknya apa yang kita anggap benar dapat dikoreksi oleh pengalaman berikutnya.

    Sdyoko Susanto
    NIM.15709259006
    PPs PMat P2TK 2015

    ReplyDelete
  5. Actualism adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu ada - segala sesuatu yang dapat dikatakan ada dalam arti apapun - yang sebenarnya. Dengan kata lain, actualism menyangkal bahwa ada jenis berada di luar aktualitas; menjadi adalah menjadi aktual. Oleh karena itu Actualism berdiri kontras dengan possibilism, yang, seperti telah kita lihat, mengambil hal-hal yang ada untuk menyertakan mungkin tapi non-aktual benda. Pengingkaran actualism adalah possibilism, tesis bahwa ada beberapa entitas yang mungkin semata: entitas ini ada (dengan cara yang sama bahwa benda biasa di sekitar kita lakukan) tetapi tidak dapat ditemukan dalam dunia nyata.

    P-Mat P2TK 2015

    ReplyDelete
  6. 15709259015/P.MAT-P2TK

    Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, segala sesuatu ada) adalah yang sebenarnya. dalam arti lain, Actualism adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu ada - segala sesuatu yang dapat dikatakan ada di akal - adalah yang sebenarnya. Dengan kata lain, actualism menyangkal bahwa ada jenis menjadi luar aktualitas; menjadi adalah menjadi aktual. Oleh karena itu Actualism berdiri di kontras dengan possibilism, yang, seperti yang kita lihat, mengambil hal-hal yang ada untuk menyertakan mungkin tapi non-aktual benda. Penolakan actualism adalah possibilism, tesis bahwa ada beberapa entitas yang hanya mungkin: entitas ini ada (dalam cara yang sama bahwa benda biasa di sekitar kita lakukan) tetapi tidak dapat ditemukan di dunia nyata.

    ReplyDelete
  7. Elmaini
    15709259004/P.MAT-P2TK
    Actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, segala sesuatu ada) adalah yang sebenarnya. Ungkapan lainnya adalah bahwa tak terbatas kuantifikasi berkisar atas semua dan hanya existents sebenarnya. Actualism bisa juga dikatakan sebagai aliran dari paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang.

    ReplyDelete
  8. Christina Lusiana Hari
    PPS Pmat C (15709251073)

    Rasional dan pengalaman merupakan bagian penting dalam kehidupan, karena keduanya merupakan sumber pengetahuan, alat untuk mempertimbangkan suatu keadaan mengenai peristiwa-peristiwa yang telah dan akan terjadi. Ketika beranggapan bahwa sesuatu yang ada di dunia ini adalah sesuatu yang ada, itu merupakan hal yang wajar ketika hal tersebut dialami, dirasakan keberadaannya oleh alat indera namuan ada dalam pikiran maka itu yang mungkin ada, yang mungkin ada bisa dikatakan ada tetapi terbata pada pikiran. Ketika mempercayai sesuatu yang mungkin ada, hal ini juga termasuk dengan keyakian atau kepercayaan, tetapi terdapat aliran yang dikenal, yaitu aliran aktualism yang dalam filsafat kontemporer, actualism adalah posisi pada ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  9. Irawati Windani (15709251016)
    PPs Pendidikan Matematika C

    Dalam filsafat, actualism berbicara tentang objek filsafat yang ada. Sebuah objek filsafat yang ada merupakan hal yang sebenarnya. Jadi dalam actualism membicarakan tentang hal-hal yang ada dengan berdasarkan aspek ontologinya.

    ReplyDelete
  10. Actualisim adalah posisi pada status ontologis kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, semua dari mereka di sana) yang sebenarnya. Ungkapan lain dari tesis adalah bahwa domain dari kuantifikasi dari rentang yang terbatas atas semua dan hanya existents sebenarnya. Setelah saya membaca tentang actualisim yang dapat saya pahami adalah actualisim Merupakan posisi pada suatu ontologis kemungkinan dunia bahwa segala sesuatu yang ada itu sebenarnya adalah aktual.

    ReplyDelete
  11. Eki Rahmad
    NIM. 15709251049
    S2 P.Mat (KELAS C)
    http://eki-rahmad.blogspot.co.id/

    actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, segala sesuatu ada) adalah yang sebenarnya. Ungkapan lain dari tesis ini adalah bahwa domain tak terbatas kuantifikasi berkisar di atas semua dan hanya existents sebenarnya.(wikipedia).
    Menurut saya ini berkaitan dengan dunia nyata, apa yang ada di dunia nyata itulah yang sebenarnya ada, yang dapat dilihat oleh mata, dirasa oleh lidah, dicium baunya oleh hidung, didengar oleh telinga dan diraba oleh tangan atau yang lainnya, artinya bisa dinyatakan keberadaannya oleh alat indra manusia.

    ReplyDelete
  12. Dari link di atas diketahui bahwa actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada. Penolakan actualism adalah possibilism, tesis bahwa ada beberapa entitas yang hanya mungkin: entitas ini ada (dalam cara yang sama bahwa benda biasa di sekitar kita lakukan) tetapi tidak dapat ditemukan di dunia nyata. Mengenai realisme Modal: "Sebuah gagasan penting tetapi berbeda secara signifikan dari possibilism yang banyak masalah dalam artikel ini tidak menerapkan dikembangkan oleh filsuf David Lewis.


    M. Ihsan
    NIM. 15709259005
    PM P2TK 2015 PPs UNY

    ReplyDelete
  13. ABSORIN PPs Pmat P2TK 2015
    NIM : 15709259013
    perkembangan zaman itu adalah suatu hal yang aktual, Aktualisme merupakan aliran paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang. Aktualisme adalah aliran paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang. Aktualisme adalah ajaran kuno yang di formulasi modern untuk melatih kita agar mengalami potensi yang belum dimanfaatkan tercapai ekspresi diri yang kreatif dan komunikasi mudah dengan semua bentuk kehidupan di dunia

    ReplyDelete
  14. Aktual berarti betul-betul terjadi atau sesungguhnya. Aktualisme berarti suatu paham yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya. Dengan kata lain aktualism memandang bahwa semua yang ada di dunia ini merupakan sesuatu yang memang benar-benar ada atau nyata. Possibilism merupakan lawan dari actualism. Possibilsm hanya berbicara tentang "yang mungkin ada".

    Novita Indah Saputri
    15709251023
    PPs PMAT C

    ReplyDelete
  15. Dari sudut pandang actualist menurut Adams ', kemungkinan dunia tidak lebih dari fiksi dibuat dalam dunia nyata. Kemungkinan dunia adalah hanya deskripsi dunia ini saja (yang sebenarnya) mungkin telah, dan tidak ada yang lain. Dengan demikian, sebagai konstruksi modal, mereka datang dalam sebagai perangkat heuristik yang berguna untuk digunakan dengan logika modal; karena membantu penalaran kita untuk membayangkan dunia

    ReplyDelete
  16. Paham aktualisme menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada itu adalah yang sebenarnya. Teori tentang actualism mengajarkan tentang hal-hal yang telah dipikirkan oleh manusia, yang merupakan khayalan atau bayangan semata, dianggap benar-benar ada dan nyata di dunia ini oleh masyarakat dunia. Intinya apa yang ada dalam pikiran belum dikatakan actual atau ada jika belum ada dalam dunia dalam kata lain belum ada kongkritnya.

    Martini, PM P2TK
    15709259003

    ReplyDelete
  17. Widi Astuti
    15709259009
    PMat P2TK 2015

    Aktualisme berasal dari kata aktual yang artinya benar-benar terjadi, dapat dipercarya. Aktualisme merupakan suatu istilah dalam filsafat yang menyatakan paham mengenai kebenaran yang sesungguhnya / benar-benar ada. Paham aktualisme melaksanakan pembatasan pada perluasan parlemen dan pembatasan pada pelaksanaan kekuasaan. Sehingga kebenaran adalah yang benar terjadi tanpa suatu rekayasa, sehingga dilakukan kontrol terhadap kekuasaan seseorang atau parlemen.

    ReplyDelete
  18. Eko Hidayati
    15709259011
    PMat P2TK
    Berdasar link di atas aktualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya. Aktualisme ini bertentangan dengan possibilism yang mengganggap bahwa ada hal yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  19. Aktualisme adalah aliran filsafat yang menyatakan sebuah kejadian bertolah pada keterjadiannya atau keaktualanya. Mudahnya, aliran ini adalah paham yang mempercayai jika keberadaanya benar-benar ada dan bisa dirasakan oleh panca indera. Jika suatu kejadian hanya “konon katanya” atau nilai keberadaanya masih diragukan maka akan ditolak oleh penganut paham ini.

    ReplyDelete
  20. Tika Abri Astuti/ PPs P.Mat D 2015
    15709251091
    Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan pada hal-hal yang mistis, gaib, atau di luar jangkauan akal, maka dalam filsafat pun dikenal dengan metafisika. Bagi orang yang mempelajari metafisika, menghadapi hal-hal yang mistis dan gaib tidak masalah. Sebab, dalam dunia mistis dan gaib memiliki ruang dan penalaran tersendiri. Teori tentang actualism mengajarkan tentang hal-hal yang telah dipikirkan oleh manusia, yang merupakan khayalan atau bayangan semata, dianggap benar-benar ada dan nyata si dunia ini oleh masyarakat dunia

    ReplyDelete
  21. Lokana Firda - PM D
    15709251055

    Aktualism adalah suatu bentuk apapun yang bersifat terbaru dan terupdate dengan baik dan bersifat rutin. karena aktual ini menanamkan nilai autentik dan terbaru maka si pemberi informasi harus mampu memngekpos atau memberitakan pada khalayak secepat mungkin dan sebenar-benarnya,

    ReplyDelete
  22. Fitria Mardika
    15709251076
    PMAT D PPs UNY

    fitriamardikaaa.blogspot.com

    Paham actualism atau aktualisme adalah paham tentang segala sesuatu yang aktual (dapat dipercaya). Menjelaskan sesuatu hal yang benar-benar ada. Para aktualis menyangkal bahwa ada individu nonactual. Actualism adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu ada - segala sesuatu yang dapat dikatakan ada dalam arti apapun - yang sebenarnya. Dengan kata lain, actualism menyangkal bahwa ada suatu hal di luar aktualitas

    ReplyDelete
  23. Fitria Mardika
    15709251076
    PMAT D PPs UNY

    fitriamardikaaa.blogspot.com

    Para aktualis menyetujui hal-hal di luar dunia nyata kita, seperti mistis atau hal-hal gaib lainnya, atau bahkan alien. Actualism dapat dianggap sebagai teori metafisika yang mencoba untuk menjelaskan kebenaran dari klaim seperti hal-hal mistis tanpa menarik bagi benda nonactual apapun. Apa yang membuat actualism begitu filosofis menarik, adalah bahwa tidak ada cara jelas yang benar untuk menjelaskan kebenaran dari klaim hal-hal mistis.

    ReplyDelete
  24. Siti Nurhayati S2 PMAT-D
    NIM 15709251077
    Objek yang ada dibagi menjadi dua absolut dan relatif. dari yang ada dibagi menjadi du yaitu Alloh dan buka ALloh, dari yang bukan Alloh dibagi menjadi dua dari manusia dan bukan manusai, dan teru pembagian objek selalu kontradiksi. Actualisme adalah paham yang memahami tentang keberadaaan dari yang ada.

    ReplyDelete
  25. Isnaini Nur Azizah
    15709251006
    PPS PMAT C UNY 2015

    Aktualisme aliran filsafat yang menyukai pembatasan parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang. Penganut aliran ini mempercayai hal-hal yang benar-benar terjadi bukan angan-angan dan imajinasi belaka. Selalu behubungan dengan sesuatu yang aktual dan terkini sehingga apa yang sebenarnya terjadi memang benar-benar terjadi secara nyata. Aktualisme oleh karenanya berdiri dalam kontras dengan posibelisme yang seperti kita lihat, mengambil hal-hal yang ada kedalam hal-hal yang bersifat non-aktual.

    ReplyDelete
  26. Isnaini Nur Azizah
    15709251006
    PPS PMAT C UNY 2015

    Aktualisme adalah aliran paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang. Namun, jika kita melihat dari asal katanya, aktualisme berasal dari kata "aktual" dan "isme". Aktual berarti ada dan isme mengandung pengertian sebuah paham. Jadi, aktualisme dapat diartikan sebagai sebuah paham tentang sesuatu yang ada. Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah aktual.

    ReplyDelete
  27. Isnaini Nur Azizah
    15709251006
    PPS PMAT C UNY 2015

    Aktualisme adalah suatu posisi pada keadaaan dimana dunia mungkin hanya memegang/menjaga semua hal yang ada. Artinya yang nyata adalah yang benar-benar telah terjadi di dunia. Seperti contoh Allien, Alien dianggap sebagai makhkluk yang berasal dari luar angkasa dan memiliki jenis yang berbeda dengan manusia atau makhluk lain yang tinggal di bumi. Apabila memang ada seseorang atau ilmuwan yang berhasil membuktikan bahwa allien ini ada, maka informasi ini dianggap informasi yang aktual.

    ReplyDelete
  28. Actualisim merupakan paham pada sesuatu yang benar-benar ada. Actualisim Merupakan posisi pada suatu ontologis kemungkinan dunia bahwa segala sesuatu yang ada itu sebenarnya adalah aktual. Aktual disni objek yang ada dapat benar-benar dilihat, dirasakan.

    Novita Indah Saputri
    15709251023
    PPs PMAT C

    ReplyDelete
  29. Sity Rahmy Maulidya
    15709251044
    Pps Pmat C

    aktualisme dalam filsafat, adalah aktual atau yang sebebnarnya. Kita tahu bahwa objek filsafat adalah segala yang ada dan yang mungkin ada. Suatu yang ada bisa berbentuk rasional (dapat dilihat, dipegang, didengar) dan ada yang berbentuk Ideal (ada di dalam pikiran). Namun berbeda dengan Aktualisme, aktualisme adalah posisi pada ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com