Jan 13, 2013

ACTUALISIM





Ass, jika ingin membaca tentang Actualism, bisa konek berikut:


Wss

33 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Actualism adalah perihal mengenai posisi filosofis bahwa segala sesuatu yang ada atau segala sesuatu yang dapat dikatakan ada dalam arti apapun yang sebenarnya. Dengan kata lain, actualism menyangkal bahwa ada jenis berada di luar aktualita. Oleh karena itu Actualism berdiri kontras dengan possibilism, yang, seperti telah kita lihat, mengambil hal-hal yang ada untuk menyertakan mungkin tapi non-aktual benda

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Berdasarkan artikel yang bapak bagikan di atas, dapat diketahui bahwa actualism dalam filsafat analitik kontemporer memandang bahwa segala sesuatu yang ada itu adalah aktual atau yang sebenarnya. Anti tesis dari actualism adalah possibilsm.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  3. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Actualisim merupakan paham tentang kebenaran yang sesungguhnya atau yang sebenar-benar ada. Actualisim juga disebut paham atau aliran yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang. Sehingga orang yang memiliki paham ini akan belajar tentang yang benar-benar nyata, bukan sekedar imajinasi belaka.

    ReplyDelete
  4. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Aktualisasi berhubungan dengan segala sesuatu yang bersifat aktual. Para aktualis tidak akan menerima hal-hal yang tidak aktual. Hal-hal yang tidak memiliki fakta dan kebenarannya masih diragukan. Paham ini mempercayai hal yang sebenarnya terjadi. Saya memaknai para aktualis mirip dengan rasionalis. Segala sesuatunya dihubung-hubungkan dengan akal.

    ReplyDelete
  5. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Aktualisme merupakan aliran paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang. Pengingkaran terhadap aktualisme adalah possibilisme, tesis bahwa ada beberapa entitas yang mungkin semata: entitas ini ada tetapi tidak dapat ditemukan dalam dunia nyata. Aktualisme juga dapat diartikan sebagai sebuah paham tentang sesuatu yang ada. Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah aktual.

    ReplyDelete
  6. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Actualism adalah posisi pada status ontologis kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah benar-benar ada. Dengan kata lain, domain kuantifikasi tersebut terbatas pada keberadaan aktualnya. Lawan dari actualism adalah possibilism, yaitu bahwa terdapat beberapa entitas yang mungkin ada. Entitas tersebut ada tetapi tidak dapat ditemukan dalam dunia nyata.

    ReplyDelete
  7. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Aktualisme berasal dari kata aktual yang artinya benar-benar terjadi, dapat dipercarya. Aktualisme merupakan suatu istilah dalam filsafat yang menyatakan paham mengenai kebenaran yang sesungguhnya / benar-benar ada. Paham aktualisme melaksanakan pembatasan pada perluasan parlemen dan pembatasan pada pelaksanaan kekuasaan. Sehingga kebenaran adalah yang benar terjadi tanpa suatu rekayasa, sehingga dilakukan kontrol terhadap kekuasaan seseorang atau parlemen

    ReplyDelete
  8. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Actualism adalah pandangan bahwa segala sesuatu ada (yaitu, segala sesuatu yang telah menjadi, dalam arti luas) adalah yang sebenarnya. Aktualism mempercayai suatu klaim sebagai suatu aktual apabila bisa menjelaskan klaim tersebut tidak mungkin suatu nonaktual.

    ReplyDelete
  9. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Actualism atau dalam bahasa Indonesia berarti aktualisme merupakan salah satu aliran paham dalam filsafat. Aktualisme merupakan aliran paham yang menyukai adanya pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang.

    Actualism dalam filsafat analitik kontemporer memandang bahwa segala sesuatu yang ada itu adalah aktual atau yang sebenarnya. Maka paham ini menganggap sesuatu yang tergolong ada adalah yang sebenarnya. Anti tesismya adalah possibilism atau sesuatu yang mungkin ada.
    Kembali lagi pada objek filsafat, dalam filsafat kita mengenal sesuatu yang ada dan mungkin ada, bukan hanya salah satunya.

    ReplyDelete
  10. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    filosofi Giovanni Gentile sering disebut melihat idealisme Aktual Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah posisi pada status ontologis kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, semuanya ada) yang sebenarnya. Ungkapan lain dari tesis adalah bahwa domain kuantifikasi terbatas berkisar atas semua dan hanya aktual existents. aliran paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang.

    ReplyDelete
  11. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah pandangan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya. Penolakan actualism adalah possibilism, tesis bahwa ada beberapa entitas yang hanya mungkin: entitas ini telah menjadi tapi tidak sebenarnya. Sebuah gagasan yang penting, tetapi berbeda secara signifikan dari possibilism dikenal sebagai realisme dikembangkan oleh filsuf David Lewis.

    ReplyDelete
  12. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya. Pengingkaran dari actualism ini adalah possibilism.

    ReplyDelete
  13. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Menurut pandangan penganut paham aktualisme (aktualis), "dunia yang mungkin (possible world)" tidaklah lebih dari sekedar fiksi belaka yang tercipta dalam "dunia yang sebenarnya (actual world)". Possible world hanyalah deskripsi belaka dari dunia ini yang mungkin terjadi, tidak lebih. Sehingga, sebagai modal knstruksi, mereka masuk sebagai sebuah perangkat heuristik yang digunakan bersama dengan modal logika. Hal tersebut juga membantu modal berpikir kita untuk membayangkan apa yang terjadi di dunia ini.

    ReplyDelete
  14. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya. Ungkapan lain dari tesis adalah bahwa domain tak terbatas kuantifikasi berkisar lebih dari sekali dan hanya existentsi yang sebenarnya. Penolakan actualism adalah possibilism, tesis bahwa ada beberapa entitas yang hanya mungkin dimana entitas ini ada tapi tidak dapat ditemukan di dunia nyata.

    ReplyDelete
  15. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum


    Dari link https://en.wikipedia.org/wiki/Actualism dikatakan “In contemporary analytic philosophy, actualism is the view that everything there is (i.e., everything that has being, in the broadest sense) is actua”l. Yang berarti dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah pandangan bahwa segala sesuatu ada (yaitu, segala sesuatu yang telah menjadi, dalam arti luas) adalah yang sebenarnya. Jika menyangkut diri maka actuallism adalah ketepatan seseorang di dalam menempatkan dirinya sesuai dengan kemampuan yang ada di dalam dirinya. Pandangan actualism membawa obyeknya pada diperoleh kemampuan ideal yang dimiliki yang sesungguhnya ada dalamnya.

    ReplyDelete
  16. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang actualism dalam filsafat. InsyaAllah link tersebut dan isinya akan bermanfaat bagi seluruh pembaca dalam blog ini khususnya saya, mungkin sekarang, besok, atau seterusnya. Semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Amin.

    ReplyDelete
  17. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  18. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Actualisim merupakan paham tentang kebenaran yang sesungguhnya atau yang sebenar-benar ada. Aktualism mempercayai suatu klaim sebagai suatu kenyataan apabila bisa menjelaskan klaim tersebut tidak mungkin nyataan.

    ReplyDelete
  19. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Perhatikan pernyataan "Sherlock Holmes ada." Ini adalah pernyataan yang salah tentang dunia, tetapi biasanya diterima sebagai mewakili kebenaran mungkin. kontingensi ini biasanya digambarkan dengan pernyataan "ada dunia yang mungkin di mana Sherlock Holmes ada". possibilist berpendapat bahwa klaim eksistensial jelas seperti ini (yang "ada" kemungkinan dunia dari berbagai macam) seharusnya akan diambil kurang lebih pada nilai nominal: sebagai menyatakan adanya dua atau lebih dunia, hanya satu yang (di kebanyakan) dapat menjadi salah satu yang sebenarnya. Oleh karena itu, mereka berpendapat, ada innumerably banyak kemungkinan dunia selain kita sendiri, yang ada hanya sebanyak seperti kita tidak.

    ReplyDelete
  20. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Aktualisme adalah anggapan bahwa semua yang ada atau semua yang dapat dikatakan ada adalah yang sebenarnya. semua hal yang berada dalam pikiran adalah hal yang pasti ada, sehingga hal yang di luar pikiran dianggap bukan hal yang sebenarnya. Aktualisme ini bertentangan dengan possibilisme yang mengganggap bahwa ada hal yang mungkin ada. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan pada hal-hal yang mistis, gaib, atau di luar jangkauan akal, maka dalam filsafat pun dikenal dengan metafisika. Bagi orang yang mempelajari metafisika, menghadapi hal-hal yang mistis dan gaib tidak masalah. Sebab, dalam dunia mistis dan gaib memiliki ruang dan penalaran tersendiri. Teori tentang actualism mengajarkan tentang hal-hal yang telah dipikirkan oleh manusia, yang merupakan khayalan atau bayangan semata, dianggap benar-benar ada dan nyata di dunia ini oleh masyarakat.

    ReplyDelete
  21. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Salah satu tanggapan yang paling dikenal untuk tantangan possibilist dikembangkan oleh Alvin Plantinga [1974]. Jantung pendekatan Plantinga adalah gagasan dari esensi individual. definisi yang tepat Plantinga dari gagasan ini sedikit rumit, tapi ide itu sendiri cukup sederhana.

    ReplyDelete
  22. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Actualism adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu yang ada atau segala sesuatu yang dapat dikatakan ada di akal adalah yang sebenarnya. Selain itu aktualitas merupakan atribut dunia yang kita miliki relatif dan properti intrinsik dari diri masing-masing.

    ReplyDelete
  23. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Setiap objek pasti memiliki tempat dan dia akan berhubungan dengan banyak objek di sekitarnya. Dia akan memiliki hubungan dengan benda-benda di sekiitarnya. Dia juga memiliki jarak yang bervariasi. Actualisim adalah daerah yang bebas dari semua jarak dan hanya satu-satunya yang seharusnya ada atau posisi status antologi diantara kemungkinan dunia yang ada.

    ReplyDelete
  24. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Aktualisme dianggap sebagai teori metafisis yang mencoba untuk menjelaskan kebenaran dari klaim terhadap sesuatu tanpa menarik benda nonaktual apapun. Aktualisme penting dalam kehidupan agar tidak tercipta sebuah keraguan dalam pengetahuan.

    ReplyDelete
  25. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    After reading the sources given by Prof, I conclude that Now, even though there are no Aliens, it seems intuitively the case that there could have been such things. After all, life might have evolved very differently than the way it did in fact. For example, if the fundamental physical constants or the laws of evolution had been slightly different, very different kinds of things might have existed. So in virtue of what is it true that there could have been Aliens when in fact there are none, and when, moreover, nothing that exists in fact could have been an Alien?

    ReplyDelete
  26. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Paham tentang kebenaran yang sesungguhnya atau benar-benar ada. Sehingga mereka para aktualis hanya mempercayai terhadap sesuatu yang aktual, itu benar terjadi dan faktanya ada. Sehingga para aktualis sangat tidak menyukai kata kemungkinan yang ada. Tapi faktanya yang ada yang mereka pegang.

    ReplyDelete
  27. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Aktualisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ‘ada’ adalah ada yang sebenar-benarnya. antithesis dari aktualisme adalah possibilism atau segala sesuatu yang dianggap masih mungkin ada, sehingga jika dikaitkan dengan filsafat maka sebenar-benarnya filsafat adalah semuanya yang meliputi aktualisme dan possibilisme

    ReplyDelete
  28. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Aktual artinya nyata, benar. Maka aktualisme memandang kebenaran adalah sesuatu yang riil, nyata. Lawannya adalah posibilism. Dari sini hal hal yang tidak nyata, bukan fakta tidak akan diterima kaum aktualis karena mereka percaya pada segala sesuatu yang nyata terjadi.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  29. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Aktual artinya nyata, benar. Maka aktualisme memandang kebenaran adalah sesuatu yang riil, nyata. Lawannya adalah posibilism. Dari sini hal hal yang tidak nyata, bukan fakta tidak akan diterima kaum aktualis karena mereka percaya pada segala sesuatu yang nyata terjadi.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  30. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah pandangan bahwa segala sesuatu ada (yaitu, segala sesuatu yang telah menjadi, dalam arti luas) adalah yang sebenarnya. Penolakan actualism adalah possibilism, tesis bahwa ada beberapa entitas yang hanya mungkin.( https://en.wikipedia.org/wiki/Actualism)

    ReplyDelete
  31. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Actualism adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu ada (segala sesuatu yang dapat dikatakan ada dalam arti apapun) yang sebenarnya. Dengan kata lain, actualism menyangkal bahwa ada jenis berada di luar aktualitas; menjadi adalah menjadi aktual. Oleh karena itu Actualism berdiri kontras dengan possibilism.

    ReplyDelete
  32. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Aktualisme adalah paham yang hanya menerima sebuah kebenaran hanya berdasarkan fakta atau sesuai dengan kenyataan. Aktualisme kontradiksi dengan possibilisme yaitu paham yang menerima kemungkinan-kemungkinan walaupun belum berdasarkan kenyataan atau masih dalam konsep pikiran danm belum terjadi.

    Paham ini akan cukup berbahaya jika dikaitkan dengan rukun iman dalam islam. Diantaranya percaya kepada adanya malaikat dan hari kiamat. Hal ini karena keberadaan malaikat tidak dapat diindera, sehingga bentuknya tidak nyata. Padahal kita diperintahkan untuk mengimani keberadaan malaikat tersebut. Selain itu, adanya hari kiamat yang masih menjadi misteri kapan terjadinya juga belum dapat teraktualisasi. Sehingga, kita tidak berarti bahwa kita tidak mempercayainya. Oleh karena itulah, tidak semua kebenaran dapat terfaktakan, karena sebagian masih dalam rahasia-Nya dalam Lawh Mahfuz.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  33. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Dalam filsafat analisis kontemporer, aktualisme merupakan suatu pandangan bahwa segala sesuatu asalah aktual. Contohnya: pernyataan bahwa Sherlock Holmes ada. Ini merupakan pernyataan keliru tentang dunia, tetapi biasanya diterima sebagai perwakilan ssbuah kebenaran yang mungkin. Dari pandangan ahli aktualis, seperti Adams', dunia kemungkinan tidak lebih dari sekedar fiksi yang dibuat dalam dunia aktual(nyata).

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id