Jan 13, 2013

ACTUALISIM





Ass, jika ingin membaca tentang Actualism, bisa konek berikut:


Wss

52 comments:

  1. Rusi Ulfa Hasanah
    15709251078
    Pendidikan Matematika PPS UNY Kelas B

    Di dalam filsafat, objeknya merupakan segala yang ada dan yang mungkin ada. Suatu yang ada bisa berbentuk rasional (dapat dilihat, dipegang, didengar) dan ada yang berbentuk Ideal (ada di dalam pikiran). Namun berbeda dengan Aktualisme, aktualisme adalah posisi pada ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  2. Fauziah Artanti
    15709251041
    Pend. Matematika S2

    Aktualisme sering digunakan dalam filsafat analitik dan teori metafisika modalitas. Aktualisme merupakan status ontologis dimana semua yang ada di dunia adalah sesuatu yang ada dan sebenarnya. Sehingga apa yang di dunia nyata ini tidak bersifat fiksi. Aktualisme mengatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah semua hal yang sesuai dengan akal pikiran kita. Aktualisme menggunakan teori apriori dimana jika tindakan kita berdasarkan pengetahuan tang tertanam dalam pikiran kita. Aktualisme kontras dengan possibilisme. Misalnya, kita akan memakan durian, aktualisme berpendapat bahwa jika kita makan durian maka perut kita akan sakit maka kita tidak akan makan tanpa merasakannya terlebih dahulu, possibilisme berpendapat bahwa karena saya sudah pernah makan sebelumnya dan mengakibatkan perut sakit maka saya tidak akan makan.

    ReplyDelete
  3. Winda Nur Akhadya
    12313244029
    P Mat Int 2012

    Aktualisme adalah aliran paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang. Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  4. Alfha Vionita (15709251056)
    S2 P.Mat B 2015

    Paham aktualisme menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada itu adalah yang sebenarnya. Lawan dari aktualisme adalah posibilisme yang menekankan sesuatu hal yang mungkin ada yakni masih belum ada di dunia nyata. Aktualisme itu berpatok dalam akal pikiran saja, karena segala hal hanya akan menjadi aktual dan juga termasuk kedalam teori kebenaran.

    ReplyDelete
  5. Hanifah Aabidah Fakhrunnisaa
    12301241038
    Pendidikan Matematika Subsidi 2012

    Aktualisme adalah aliran paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang. Di Amerika Serikat bernama William James sebagai tokohnya, di Inggris bernama FC. Schiller, Charles S. Pierce (1834-1914) dan George Herbert Mead (1863-1931). Pragmatik dalam perkembangan mengalami perbedaabn kesimpulan walalaupun dari gagasan asal yang sama. Ada 3 patokan yang di setujui aliran pragmatik yaitu:
    1. Menolak segala intelektualisme
    2. Aktualisme
    3. Meremehkan logika formal

    ReplyDelete
  6. Yolandaru Septiana
    15701251028
    S2 PEP B

    Actualisim adalah posisi pada status atau suatu paham yang berisikan kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada atau yang mungkin ada tersebut terlihat atau terjadi yang sebenarnya. Jadi, kejadian ini dikatakan aktual jika kejadian tersebut memang sedang terjadi atau saat ini memang sedang terjadi.

    ReplyDelete
  7. Yolandaru Septiana
    15701251028
    S2 PEP B

    Jadi, dalam belajar pun juga membutuhkan actualisim, seperti contohnya pada keadaan belajar yang menuntut siswa dan guru mampu mengikuti perkembangan zaman. Maka perkembangan zaman itu adalah suatu hl yang aktual. Jadi, kita mau tidak mau juga harus tetap mengikutinya. Sehingga kita bisa mengikuti perkembangan proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  8. Magdalena Wangge
    15709251053
    P.Mat Kelas A 2015
    Berdasarkan link di ats, Aktualisme merupakan aliran paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang. Namun saya lebih memandang kepada peng"aktualisasi"an aliran ini dalam ilmu filsafat. Jka aktualisasi filsafat dalam cara berpikir, misalnya apabila kita menghadapi masalah seperti "kenakalan anak". Kenakalan anak akan terns menjadi masalah sepanjang masa khususnya para orang tua. Untuk menanggulangi kenakalan anak, maka masalah tersebut harus dilihat secara filsafat, yaitu kenakalan anak harus dilihat dari semua aspek ilmu yang terkait.
    Namun pertanyaannya adalah bagaimana dalam menghadapi hal-hal yang mistis dan gaib. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan pada hal-hal yang mistis, gaib, atau di luar jangkauan akal, maka dalam filsafat pun dikenal dengan metafisika. Bagi orang yang mempelajari metafisika, menghadapi hal-hal yang mistis dan gaib tidak masalah. Sebab, dalam dunia mistis dan gaib memiliki ruang dan penalaran tersendiri.

    ReplyDelete
  9. Saya memahami pembicaraan tentang actualism sebagai pembicaraan tentang kemungkinan. Bahwasaannya ada suatu dunia yang mungkin ada dan di dunia itu dikatakan bahwa setiap hal itu ada. Membicarakan sesuatu tentang kebenaran yang mungkin memberikan suatu harapan untuk mewujudkannya. Possibilism merupakan bentuk penolakan dari actualism. Possibilsm hanya berbicara tentang "yang mungkin ada".

    Tria Utari
    15709251069
    Pendidikan Matematika PPS UNY kelas B

    ReplyDelete
  10. Anwar Rifa'i
    12301241023
    Mathematics Education 2012

    Actualisim is the position on the ontological status of possible worlds which states that everything that exists (ie, all of them there) actual. Another expression of the thesis is that the domain of quantification of a limited range over all and only actual existents.

    ReplyDelete
  11. Teori tentang actualism mengajarkan tentang hal-hal yang telah dipikirkan leh manusia, yang merupakan khayalan atau bayangan semata, dianggap benar-benar ada dan nyata si dunia ini oleh masyarakat dunia. Seperti yang disebutkan dalam referensi yang diberikan, yaitu tentang adanya sekelompok makhluk yang mengaku bahwa mereka adalah ras aliens, nah, meskipun manusia mungkin saja belum pernah mengenal atau melihat aliens tersebut itu sepeti apa rupanya. namun manusia meyakini dan menganggap bahwa aliens itu benar-benar ada. Inilah yang dimaksud dengan teori actualism.

    ReplyDelete
  12. Actualisim adalah posisi pada status ontologis kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, semua dari mereka di sana) yang sebenarnya. Ungkapan lain dari tesis adalah bahwa domain dari kuantifikasi dari rentang yang terbatas atas semua dan hanya existents sebenarnya. Setelah saya membaca tentang actualisim yang dapat saya pahami adalah ACTUALISIM Merupakan posisi pada suatu ontologis kemungkinan dunia bahwa segala sesuatu yang ada itu sebenarnya adalah aktual.

    ReplyDelete
  13. Apa yang sebenarnya adalah itulah yang teractual menurut aliran ini. Didalam filsafat aliran ini mengikuti objek yang ada sebagai sesuatu hal yang memang sebenarnya, sedangkan yang mungkin ada belum sebenarnya karena sesuatunya belum menjadi suatu yang nyata. Apa yang sedang terjadi saat ini itulah yang teractual, Terlebih apa yang ada dalam pikiran yang mampu membuat sesuatu menjadi benar adanya.
    Titin Rusmawati (15709251092)
    PPs Pend.Matematika 2015 UNY PM_B

    ReplyDelete
  14. Aktualisme adalah ajaran kuno yang di formulasi modern untuk melatih kita agar mengalami potensi yang belum dimanfaatkan tercapai ekspresi diri yang kreatif dan komunikasi mudah dengan semua bentuk kehidupan di dunia. Aktualisme adalah proses kebangkitan dan mencerahkan mental, kesadaran emosional dan sensorik kita dalam langkah demi langkah cara, sehingga kita mengalami dengan jelas, mengetahui dan berperasaan seimbang antara pikiran dan kepribadian diterangi.

    ReplyDelete
  15. Actualisme adalah yang menganggap bahwa segala sesuatu itu ada, segala sesuatu yang dapat dikatakan ada adalah yang sebenarnya. Dengan kata lain, actualism menyangkal bahwa jenis suatu hal diluar aktualitas akan menjadi aktual. Actualisme, dapat dianggap sebagai teori metafisik yang mencoba untuk menjelaskan kebenaran tanpa melihat benda nonactual apapun.

    ReplyDelete
  16. Rahma Dewi Idrayanti
    Pendidikan Matematika Subsidi 2012
    12301241013
    Filsafat Pendidikan Matematika
    Aktualisme adalah posisi pada ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya. Aktualisme mengatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah semua hal yang sesuai dengan akal pikiran kita.

    ReplyDelete
  17. Latifatul Karimah
    12301241007

    Actualism adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu ada - segala sesuatu yang dapat dikatakan ada dalam arti apapun - yang sebenarnya. Dengan kata lain, actualism menyangkal bahwa ada jenis berada di luar aktualitas; menjadi adalah menjadi aktual. Oleh karena itu Actualism berdiri kontras dengan possibilism.

    ReplyDelete
  18. aktualisme adalah anggapan bahwa semua yang ada atau semua yang dapat dikatakan ada adalah yang sebenarnya. semua hal yang berada dalam pikiran adalah hal yang pasti ada, sehingga hal yang di luar pikiran dianggap bukan hal yang sebenarnya. Aktualisme ini bertentangan dengan possibilism yang mengganggap bahwa ada hal yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  19. Diah Hapsari Widyarini
    12301241026
    Pend. Matematika 2012

    Dari sumber Wikipedia disebutkan bahwa dalam filsafat analitik kontemporer, aktualisme adalah posisi pada status ontology dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah aktual. Pada sumber lain juga disebutkan bahwa aktualisme adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu adalah yang dapat dikatakan ada dalam akal (actual). Dengan kata lain, aktualisme menyangkal bahwa ada sesuatu diluar kenyataan (actual). Sehingga aktualisme bertentangan dengan possibilisme.

    ReplyDelete
  20. Aktualisme merupakan aliran paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang. Namun saya lebih memandang kepada peng"aktualisasi"an aliran ini dalam ilmu filsafat. Jka aktualisasi filsafat dalam cara berpikir, misalnya apabila kita menghadapi masalah seperti "kenakalan anak". Kenakalan anak akan terns menjadi masalah sepanjang masa khususnya para orang tua. Untuk menanggulangi kenakalan anak, maka masalah tersebut harus dilihat secara filsafat, yaitu kenakalan anak harus dilihat dari semua aspek ilmu yang terkait.

    ReplyDelete
  21. Aktualisme diartiakan sebagai pembatasan dari seseorang yang ada dan mungkin ada sesuai dengan ruang dan waktunya. Dalam Aktualisasi diri merupakan daya yang mendorong pengembangan diri dan potensi individu, cirri dari manusianya itu sendiri. Aktualisasi diri yang mendorong manusia sampai kepada pengembangan yang optimal dan menghasilkan ciri unik manusia seperti kreativitas, inovasi.

    ReplyDelete
  22. Fitriani
    15709251067
    PPs Prodi Pendidikan Matematika A 2015
    Aktualisme merupakan jalan dimana seseorang pembatasan dalam menjalani hidup ini dimana kita ketahui bersama bahwa dalam mengarungi hidup ini ada batasan dimana kita tidak mampu untuk memikirkan segalanya, ada batas dimana kemampuan kita untuk menggapainya terbatas. Oleh karena itu disinilah letak kuasa Tuhan di aktualisme tersebut dimana segalanya berbatas dalam realitasnya.
    wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  23. Hernestri Anggraheni
    12301241040
    Actualism (wikipedia) adalah posisi pada status ontologi dari kemugkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya. Dalam sumber lain saya membaca bahwa kaum aktualisme percaya bahwa segala sesuatu ada dan mungkin ada. Walaupun kaum yang memiliki paham aktualisme belum pernah melihat dan menemukan makhluk luar angkasa, mereka tetap percaya bahwa alien itu ada.

    ReplyDelete
  24. Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, segala sesuatu ada) adalah yang sebenarnya. Ungkapan lain dari tesis ini adalah bahwa domain tak terbatas kuantifikasi berkisar di atas semua dan hanya existents sebenarnya.(wikipedia)

    ReplyDelete
  25. aktualisme adalah posisi pada ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  26. aktualisme adalah posisi pada ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  27. Aktual Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah posisi pada status ontologis kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, semuanya ada) yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  28. Ungkapan lain dari tesis adalah bahwa domain kuantifikasi terbatas berkisar atas semua dan hanya aktual existents. Pengingkaran actualism adalah possibilism, tesis bahwa ada beberapa entitas yang mungkin semata: entitas ini ada (dengan cara yang sama bahwa benda biasa di sekitar kita lakukan) tetapi tidak dapat ditemukan dalam dunia nyata.

    ReplyDelete
  29. Mengenai realisme Modal: "Sebuah gagasan yang penting tetapi berbeda secara signifikan dari possibilism yang banyak masalah dalam artikel ini tidak berlaku dikembangkan oleh filsuf David Lewis.

    ReplyDelete
  30. Afif Rizal
    12313244002
    Pendidikan Matematika Inter. 2012

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang actualism dalam filsafat. InsyaAllah link tersebut dan isinya akan bermanfaat bagi seluruh pembaca dalam blog ini khususnya saya, mungkin sekarang, besok, atau seterusnya. Semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Aamiin.

    ReplyDelete
  31. Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  32. Tangguh Yudho Pamungkas
    Pendidikan Matematika Subsidi 2012
    12301241021

    Terimakasih atas banyak link yang bapak berikan, semoga dapat saya jadikan bekal untuk menjadi calon pendidik dan pengajar ke depannya. Sudah kita ketahui bersama bahwa kita harus mempunyai banyak bekal untuk menjadikan siswa-siswi kita paham dengan materi yang akan kita ajarkan.


    Terimakasih

    ReplyDelete
  33. Tangguh Yudho Pamungkas
    Pendidikan Matematika Subsidi 2012
    12301241021

    Dari artikel tersebut, aktualisme adalah anggapan bahwa semua yang ada atau semua yang dapat dikatakan ada adalah yang sebenarnya. Menurut saya, ini adalah hal yang kontra dengan possibilism, karena tidak semua yang kita pikirkan pasti ada, belum tentu ada, namun masih memiliki kemungkinan untuk ada, misal kita bisa hidup di planet lain.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  34. Venti Indiani
    15709251057
    Pend. Matematika S2 Kelas A

    Aktualisme adalah paham tentang sesuatu yang benar-benar ada. Actualisim adalah posisi dalam status antologi diantara segala sesuatu kemungkinan dunia yang ada adalah pada yang sesungguhnya. Pendapat lain yang dijelaskan pada suatu tesis adalah bahwa activisim adalah daerah yang bebas dari semua jarak dan hanya satu-satunya yang seharusnya ada. Jadi, actualisim adalah ilmu yang pempelajari segala sesuatu yang ada dan pada yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  35. Aktualisme menggunakan teori apriori dimana jika tindakan kita berdasarkan pengetahuan tang tertanam dalam pikiran kita.

    ReplyDelete
  36. Actualisim adalah posisi pada status ontologis kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, semua dari mereka di sana) yang sebenarnya. Ungkapan lain dari tesis adalah bahwa domain dari kuantifikasi dari rentang yang terbatas atas semua dan hanya existents sebenarnya.

    ReplyDelete
  37. KUSNO IP S3 2015
    NIM 15703261049
    Aktualisme merupakan status ontologis dimana semua yang ada di dunia adalah sesuatu yang ada dan sebenarnya. Sehingga apa yang di dunia nyata ini tidak bersifat fiksi. Aktualisme mengatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah semua hal yang sesuai dengan akal pikiran kita.Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  38. NOVALINDA PUSPITA AYU
    15709251085
    Pmat PPS UNY 2015 Kelas D

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Actulisme memandang segala sesuatu yang ada dalam dunia ini adalah merupakan sebenar – benarnya dan hal yang sebenar-benarnya tersebut sesuai dengan akal pikiran kita, bukan hanya fiktif belaka. Aktualisme menggunakan teori apriori dimana jika tindakan kita berdasarkan pengetahuan tang tertanam dalam pikiran kita. Aktualisme kontras dengan possibilisme.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  39. Gity Wulang Mandini
    15709251054
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D

    Actualism merupakan suatu posisi filosofis yang menyatakan bahwa segala sesuatu itu ada. Segala sesuatu ini yang dapat dikatakan ada yaitu dalam arti yang sebenarnya. Actualism menyangkal bahwa ada jenis yang berada di luar aktualitas. Oleh karena itu Actualism berdiri kontras dengan possibilism yang menyatakan hal-hal yang tidak sebenarnya namun yang bisa saja.

    ReplyDelete
  40. Aktualisme merupakan jalan dimana ada pembatasan terhadap sesuatu hal, misalnya saja dalam beragama ada batasan logika dimana ada sesuatu hal yang dapat dilogikakan ada pula yang tidak. Sehingga terlihat bahwa manusia merupakan makhluk yang jauh dari kesempurnaa, selalu ada keterbatasan disini letak keyakinan kita bahwa ada Yang Maha Besar yang Maha Kuasa yaitu Allah SWT yang mengatur segala kehidupan kita.
    Pika Merliza/15709251029/PPs. PMAT 2015/D

    ReplyDelete
  41. Dian Permatasari
    15709251070
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Aktualisasi berhubungan dengan segala sesuatu yang bersifat aktual. Para aktualis tidak akan menerima hal-hal yang tidak aktual. Hal-hal yang tidak memiliki fakta dan kebenarannya masih diragukan. Paham ini mempercayai hal yang sebenarnya terjadi. Saya memaknai para aktualis mirip dengan rasionalis. Segala sesuatunya dihubung-hubungkan dengan akal. Saya belajar dari http://www.science.uva.nl/~seop/archives/fall2002/entries/actualism/index.html kalau para aktualis akan mempercayai suatu klaim sebagai suatu aktual apabila bisa menjelaskan klaim tersebut tidak mungkin suatu nonaktual.

    ReplyDelete
  42. Danu J. P.
    15709251030
    PPs Pmat C 2015

    Aktualisme itu memandang bahwa semua yang ada di dunia adalah sesuatu yang ada dan sebenarnya atau nyata. Jadi segala sesuatu yang ada itu adalah semua hal yang sesuai dengan akal pikiran kita. Sehingga segala hal yang ada di luar akal pikiran kita dianggap bukanlah hal yang ada dan tidak nyata. Lawan dari aktualisme ini adalah possibilisme yang beranggapan mengenai yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  43. Burhanuddin
    15709259007
    PMat P2TK PPs UNY 2015

    Aktualisme merupakan Paham tentang kebenaran yang sesungguhnya / betul-betul ada.
    Jadi segala sesuatu yang ada itu adalah semua hal yang sesuai dengan akal pikiran kita.
    Dengan kata lain, aktualisme menyangkal bahwa ada sesuatu diluar kenyataan (actual). Sehingga aktualisme bertentangan dengan possibilisme.

    ReplyDelete
  44. ARISAL
    15709259001
    PMat P2TK PPs UNY 2015

    Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, segala sesuatu ada) adalah yang sebenarnya. [1] [2] ungkapan lain dari tesis adalah bahwa domain tak terbatas kuantifikasi berkisar lebih dari sekali dan hanya eksistensi aktual. [3]
    Penolakan actualism adalah possibilism, tesis bahwa ada beberapa entitas yang hanya mungkin: entitas ini ada (dalam cara yang sama bahwa benda biasa di sekitar kita lakukan) tetapi tidak dapat ditemukan di dunia nyata. Mengenai realisme Modal: ". Sebuah gagasan penting tetapi berbeda secara signifikan dari possibilism yang banyak masalah dalam artikel ini tidak menerapkan dikembangkan oleh filsuf David Lewis" [1]

    ReplyDelete
  45. Asep Tatan Rifa'i
    15709259012
    P.Mat P2TK 2015

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas wawasan yang Prof. Marsigit berikan, semoga bisa menambah wawasan bagi kami semua. dengan berbagai sumber yang saya baca bshwa Aktualisme yaitu aliran atau paham yang menyukai pembatasan pengaruh parlemen dan perluasan kekuasaan seseorang. Aktualisme mengatakan bahwa segala sesuatu yang ada adalah semua hal yang sesuai dengan akal pikiran kita. Mereka ber pendapat bahwa segala sesuatu hal yang ada atau nyata di dunia ini adalah yang sebenarnya nyata dan sebnarnya ada.

    ReplyDelete
  46. Theresia Veni Tri Nugraheni
    15709251090
    PM D PPS UNY

    Aktualisme memandang bahwa segala seuatu dapat dikatakan keberadaannya di dalam akal, yaitu aktual. Aktualisme menolak bahwa ada berbagai jenis di luar aktualitas. Aktualisme menentang possibilisme yang memandang bahwa yang sudah kita lihat, mengambul hal-hal yang termsuk mungki tapi bukanlah objek aktual.

    ReplyDelete
  47. Hanifah Latifah Hadiat
    15709251074
    PMAT C PPS UNY 2015

    Actualisme adalah ajaran tentang perihal mengaktualkan atau aliran pengaktualan.Aktualisme mengajarkan manusia melakukan yang terbaik memaksimalkan kemampuannya. Aktualisasi sebagai tingkatan tertinggi dari perkembangan psikologis yang bisa dicapai bila semua kebutuhan dasar sudah dipenuhi. Aktualisasi juga merupakan kebutuhan setiap orang. Sehingga tiap masing-masing orang berusaha untuk dapat mengaktualisasikan dirinya.

    ReplyDelete
  48. Eka Hedayani
    15709259008
    PPS PMat P2TK 2015

    Aktualisme adalah Paham ttg kebenaran yg sesungguhnya / betul2 ada. Aktualisme memandang bahwa segala sesuatu dapat dikatakan keberadaannya di dalam akal. Sehingga segala hal yang ada di luar akal pikiran kita dianggap bukanlah hal yang ada dan tidak nyata. Penolakan actualism adalah possibilism.

    ReplyDelete
  49. MONICA RIZKI APRICILIA
    15709251068
    PPS PMAT-D

    Aktualisasi berhubungan dengan segala sesuatu yang bersifat aktual. Para aktualis tidak akan menerima hal-hal yang tidak aktual. Hal-hal yang tidak memiliki fakta dan kebenarannya masih diragukan. Paham ini mempercayai hal yang sebenarnya terjadi. Saya memaknai para aktualis mirip dengan rasionalis. Segala sesuatunya dihubung-hubungkan dengan akal. Aktualism mempercayai suatu klaim sebagai suatu aktual apabila bisa menjelaskan klaim tersebut tidak mungkin suatu nonaktual.

    ReplyDelete
  50. aktualisme adalah anggapan bahwa semua yang ada atau semua yang dapat dikatakan ada adalah yang sebenarnya. semua hal yang berada dalam pikiran adalah hal yang pasti ada, sehingga hal yang di luar pikiran dianggap bukan hal yang sebenarnya. Aktualisme ini bertentangan dengan possibilism yang mengganggap bahwa ada hal yang mungkin ada. aktualisme salah satu patokan yang setujui aliran pragmatik, inti dari pragmatik dilihat dari aktualisme adalah bahwa tiada kebenaran yang mutlak, yang berlaku umum, yang bersifat tetap, yang berdiri sendiri dan terlepas dari akal yang mengenal. Pengalaman itu senantiasa berubah, karena di dalam prakteknya apa yang kita anggap benar dapat dikoreksi oleh pengalaman berikutnya.

    Sdyoko Susanto
    NIM.15709259006
    PPs PMat P2TK 2015

    ReplyDelete
  51. Actualism adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu ada - segala sesuatu yang dapat dikatakan ada dalam arti apapun - yang sebenarnya. Dengan kata lain, actualism menyangkal bahwa ada jenis berada di luar aktualitas; menjadi adalah menjadi aktual. Oleh karena itu Actualism berdiri kontras dengan possibilism, yang, seperti telah kita lihat, mengambil hal-hal yang ada untuk menyertakan mungkin tapi non-aktual benda. Pengingkaran actualism adalah possibilism, tesis bahwa ada beberapa entitas yang mungkin semata: entitas ini ada (dengan cara yang sama bahwa benda biasa di sekitar kita lakukan) tetapi tidak dapat ditemukan dalam dunia nyata.

    P-Mat P2TK 2015

    ReplyDelete
  52. 15709259015/P.MAT-P2TK

    Dalam filsafat analitik kontemporer, actualism adalah posisi pada status ontologis dari kemungkinan dunia yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada (yaitu, segala sesuatu ada) adalah yang sebenarnya. dalam arti lain, Actualism adalah posisi filosofis bahwa segala sesuatu ada - segala sesuatu yang dapat dikatakan ada di akal - adalah yang sebenarnya. Dengan kata lain, actualism menyangkal bahwa ada jenis menjadi luar aktualitas; menjadi adalah menjadi aktual. Oleh karena itu Actualism berdiri di kontras dengan possibilism, yang, seperti yang kita lihat, mengambil hal-hal yang ada untuk menyertakan mungkin tapi non-aktual benda. Penolakan actualism adalah possibilism, tesis bahwa ada beberapa entitas yang hanya mungkin: entitas ini ada (dalam cara yang sama bahwa benda biasa di sekitar kita lakukan) tetapi tidak dapat ditemukan di dunia nyata.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com