Mar 8, 2011

Elegi Menggapai Inovasi Pendidikan




Oleh Marsigit
(Ide di ambil dari P. Ernest, dalam The Philosophy of Mathematics Education)

Masa Depan:
Wahai para inovasi, aku diutus oleh para masa depan untuk menemuimu semua. Para masa depan benar-benar sangat merindukanmu, karena engkau pulalah yang diharapkan dapat menjadi subyek-subyek bagi masa depan. Untuk itu aku akan mewawancaraimu satu persatu bagaimana keadaan, pikiran, hati, kemampuan dan persiapanmua menyongsong masa depanmu.

Masa Depan:
Wahai inovasi1, apakah yang engkau ketahui tentang tujuan pendidikan dan bagaimana sebenar-benar tujuan dari pendidikanmu untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi1:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam tujuan pendidikan. Pertama, pendidikan hanya bertujuan agar para siswa mampu membaca, menulis dan berhitung. Itulah sebenar-benar gerakan back to basic. Kedua, pendidikan hanya bertujuan memberikan ijazah atau sertifikat tanda lulus bagi siswa-siswanya. Ketiga, pendidikan bertujuan untuk memindahkan ilmu-ilmunya para guru kepada murid-muridnya. Itulah sebenar-benar transfer of knowledge. Keempat, pendidikan bertujuan mengembangkan kreativitas siswa-siswanya. Dan kelima, pendidikan bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada tujuan keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi2, apakah yang engkau ketahui tentang teori belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi2:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori belajar. Pertama, belajar adalah kerja keras, latihan, dan menghapal. Kedua, belajar adalah berpikir dan latihan. Ketiga, belajar adalah memahami dan dapat menerapkan. Keempat, belajar adalah melakukan penelitian. Kelima, belajar adalah percaya diri, bekerjasama, dan instrospeksi. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi3, apakah yang engkau ketahui tentang teori mengajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori mengajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi3:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori mengajar. Pertama, mengajar adalah mengalirkan ilmu-ilmunya guru kepada siswa-siswanya. Itulah sebenar-benar trasfer of knowledge. Kedua, mengajar adalah memberi motivasi kepada siswa. Itulah sebenar-benar external motivation. Ketiga, mengajar adalah ceramah dan menerangkan. Itulah sebenar-benar ekspositori. Keempat, mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan gurunya. Itulah sebenar-benar constructivis. Kelima, mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya agar para siswa mampu melakukan kegiatan diskusi dan melakukan kegiatan penelitian. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi4, apakah yang engkau ketahui tentang teori sumber belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori sumber belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi4:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang sumber belajar. Pertama, sumber belajar adalah papan tulis dan kapur atau spidol, titik. Kedua, sumber belajar adalah alat peraga pembelajaran. Ketiga, sumber belajar adalah alat bantu pembelajaran. Keempat, sumber belajar adalah lingkungan alam, termasuk alat peraga dan alat bantu. Kelima, sumber belajar adalah lingkungan dan masyarakat dengan segenap isinya. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi5, apakah yang engkau ketahui tentang teori evaluasi belajar dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori evaluasi belajar untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi5:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang evaluasi belajar. Pertama, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Kedua, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Ketiga, evaluasi belajar dilakukan oleh pihak luar. Kesatu, kedua, ketiga itulah sebenar-benar external evaluation. Keempat, evaluasi belajar adalah portfolio dan assessment. Kelima, evaluasi belajar adalah portfolio dan konteks belajar. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi6, apakah yang engkau ketahui tentang teori teori kurikulum dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang teori kurikulum untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi6:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam teori tentang kurikulum. Pertama, kurikulum adalah untuk kesatuan. Dia digunakan untuk menjadi satu. Semuanya haruslah satu. Dari sabang sampai meroke adalah satu. Itulah sebenar-benar monokultur. Kedua, kurikulum adalah daerah. daerah itulah yang terpenting. Itulah sebenar-benar desentralisasi absolut. Ketiga, kurikulum adalah kompetensi. Maka kurikulum itu harus menetapkan kompetensi. Itulah sebenar-benar competent-based curriculum. Keempat, kurikulum adalah kebutuhan. Maka kurikulum harus melayani kebutuhan subyek didik. Kelima, kurikulum adalah bermacam-macam. Maka kurikulum harus dapat melayani bermacam-macam warga dan masyarakat. Itulah sebenar-benar heterogonomus. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada teori keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi7, apakah yang engkau ketahui tentang ideologi pendidikan dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang ideologi pendidikan untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi7:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam ideologi pendidikan. Pertama, pendidikan adalah industrialisasi. Maka segenap siswa akan diarahkan untuk menuju industrialisasi negara beserta segenap aspeknya. Kedua, pendidikan adalah untuk melestarikan nilai-nilai lama. Itulah sebenar-benar konservatif. Ketiga, pendidikan hanyalah dari manusia dan untuk manusia. Itulah sebenar-benar humanisme. Keempat, pendidikan adalah untuk memerdekakan diri. Kelima, pendidikan adalah demokrasi. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada ideologi keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa depan:
Wahai inovasi8, apakah yang engkau ketahui tentang hakekat ilmu dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang hakekat ilmu untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi8:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam hakekat ilmu. Pertama, ilmu adalah bentuk. Kedua, ilmu adalah kebenaran. Ketiga, ilmu adalah struktur kebenaran. Keempat, ilmu adalah proses berpikir. Kelima, ilmu adalah kegiatan social. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada hakekat ilmu keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa depan:
Wahai inovasi9, apakah yang engkau ketahui tentang nilai moral dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang nilai moral untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi9:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam nilai moral. Pertama, nilai moral hanyalah tentang baik dan buruk. Kedua, nilai moral itu adalah asas manfaat. Ketiga, nilai moral adalah strata masyarakat. Keempat, nilai moral itu adalah hak azasi manusia. Kelima, nilai moral itu adalah keadilan dan kemerdekaan. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan pilihanku pada semuanya. Itulah sebenar-benar inovasiku.

Masa Depan:
Wahai inovasi10, apakah yang engkau ketahui tentang hakekat siswa dan bagaimana sebenar-benar pendapatmu tentang hakekat siswa untuk menyongsong masa depanmu?

Inovasi10:
Wahai masa depan. Setidaknya aku dapat menyebut lima macam hakekat siswa. Pertama, siswa itu ibarat tong kosong. Itulah sebenar-benar yang harus kita isi. Kedua, siswa itu ibarat tong kosong. Itulah sebenar-benar yang harus kita isi. Ketiga, siswa adalah karakter building. Itulah yang harus kita bentuk. Keempat, siswa adalah kebutuhannya. Itulah yang harus kita penuhi. Kelima, siswa adalah perkembangannya. Itulah yang harus kita jamin. Untuk menyongsong masa depanku, maka sebenar-benar aku telah menetapkan hakekat yang keempat dan kelima. Itulah sebenar-benar inovasiku.

43 comments:

  1. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Pada zaman dimana pengetahuan dan teknologi semakin berkembang, maka pendidikan juga harus berkembang dan melakukan inovasi untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan. Dimana teori belajar diperbaharui, teori mengajar diperbaharui, teori evaluasi diperbaharui, atau pun kurikulum diperbaharui sesuai dengan tujuan pendidikan yang sebenarnya.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  2. Ika Nailatul Muna
    13301241050
    Pendidikan Matematika

    Mengembangkan inovasi di bidang pendidikan harus memperhatikan beberapa aspek, antara lain tujuan pendidikan, teori belajar, teori mengajar, teori sumber belajar, toeri evaluasi belajar, teori kurikulum, ideologi pendidikan, hakekat ilmu, nilai moral dan hakikat siswa. Jika seluruh aspek tersebut sudah diperhatikan maka inovasi pun juga harus disesuaikan dengan kebutuhan zaman supaya pendidikan mampu mencipatakan peradaban yang lebih beradab.

    ReplyDelete
  3. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Inovasi pendidikan adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan sesuai dengan perkembangan zaman karena dengan inovasi diharapkan dapat menjadi subyek dalam menyongsong masa depan. Inovasi pendidikan yg dibutuhkan sekarang adalah bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan membangun karakter siswa secara utuh tanpa ditekan dari siapapun, belajar yang didasari kesadaran akan ruang dan waktu, kepercayaan diri, kerjasama, dan introspeksi diri.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  4. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Kualitas sebuah bangsa tergantung pada sumber daya manusianya, sedangkan sumber daya manusia dapat dibentuk salah satunya melalui ranah pendidikan. Pendidikan yang berkualitas dan baik akan menghasilkan manusia yang berkualitas pula. Sehingga iniovasi dalam dunia pendiidkan dangatlah diperlukan agar peserta didik dapat menjadi manusia yang berkualitas, sehingga tugas kita sebagia calon pendidi , kita harus bisa membuat inovasi dalam pendidikan, seperti metode mengajar, bahan ajar, alat yang digunakan serta semua hal yang menunjang berkembangnya pendidikan yang baik.

    ReplyDelete
  5. Cinta Adi Kusumadewi
    13301241056
    Pendidikan Matematika I 2013

    Dalam proses pendidikan perlu adanya inovasi inovasi yang terus berkembang, agar pendidikan yang terwujud tidak selalu monoton dan dalam prakteknya bisa menyenangkan bagi siswa. Apabila inovasi itu dikembangkan harus memperhatikan faktor-faktor yang menjadi lingkupnya, yaitu tujuan pendidikan, teori belajar, teori mengajar, teori sumber belajar, teori evalusi belajar, teori kurikulum, ideologi pendidikan, hakikat ilmu, nilai moral, dan hakikat ilmu. Maka apabila inovasi itu dikembangkan tidaklah setengah-setengah cakupannya, tetapi menyeluruh dan juga disesuaikan dengan peradaban zaman yang sedang berkembang.

    ReplyDelete
  6. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Dalam dunia pendidikan inovasi adalah hal yang dilakukan karena tanpa inovasi akan terjadi kemandekan/kemacetan pada dunia pendidikan yang kemudian berimbas pada pada elemen-elemen kehidupan yang lain seperti politik, ekonomi, sosial dan lain-lain. Inovasi di dalam pendidikan misalnya dengan pembelajaran yang inovatif didesain menjadi sebuah kegiatan yang menarik agar suasana pembelajaran di dalam kelas tidak membosankan. Kreativitas dan inovasi juga dapat mencorakkan situasi pembelajaran yang ceria. Sebagai pendidik, kita harus mengetahui dan dapat menerapkan inovasi-inovasi agar dapat mengembangkan proses pembelajaran. Apalagi dengan sekarang teknologi yang semakin canggih dapat dijadikan sebuah pembelajaran berbasis media. Tinggal bagaimana bisa menstruktur dan menginovasinya secara sistematis

    ReplyDelete
  7. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Setiap hal perlu diinovasi agar terus berkembang dan menyesuaikan dengan zaman, tak terkecuali pendidikan. Pendidikan perlu diinovasi agar terus berkembang dan menyesuaikan dengan kebutuhan atau tuntutan zaman. Sebagaimana kurikulum dalam pendidikan juga harus diinovasikan sesuai dengan kebutuhan yang ada saat ini. Seorang guru pun harus berinovasi terkait metode, sumber, media pembelajaran agar siswa lebih aktif dan dapat memperoleh ilmunya sendiri, agar siswa dapat belajar tidak hanya di sekolah tetapi juga dimanapun dan kapanpun.

    ReplyDelete
  8. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Pendidikan dijadikan tolok ukur bagi sebuah negara untuk nengetahui kemajuan sebuah bangsa. Pendidikan menjadi salah satu kunci untuk membentuk karakter generasi penerus bangsa yang berkualitas yang bermoral. Saya sebagai guru merasa tertantang untuk terus mengembangkan kompetensi dan pengetahuan yang saya miliki untuk mendidik anak SD. Saya merasa mempunyai beban yang berat disini prof. Namun saya harus terus berusaha untuk menjadi guru SD yang berkompeten dengan mengikuti pelatihan dan membaca sumber-sumber yang berguna bagi pendidikan.

    ReplyDelete
  9. Yazid Fathoni
    NIM 13301241076
    Pendidikan Matematika C 2013

    Ada beberapa hal yang menjadi fokus inovasi dalam pendidikan diantaranya tujuan pendidikan, teori belajar, teori mengajar, teori sumber belajar, teori evaluasi belajar, teori kurikulum, ideologi pendidikan, hakekat ilmu, nilai moral, dan hakekat siswa. Inilah yang harus menjadi pikiran bagi seorang guru untuk mengembangkan hal-hal tersebut sesuai dengan ruang dan waktunya agar berguna untuk di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  10. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Tak dapat dipungkiri bahwa bangsa Indonesia mengalami ketersendatan dalam pengembangan pendidikan. Sumber daya manusia kita dianggap masih belum mampu bersaing dalam pergaulan dunia pada umumnya dan khususnya di ASEAN. Oleh karena itu perlunya kesadaran bagi kita terutama kita yang berada dan berkecimpung dalam dunia pendidikan untuk dapat menghadirkan inovasi dalam dunia pendidikan agar bangsa kita dapat memproduksi manusia yang cerdas dan berkualitas agar bangsa kita dapart berdiri dengan menggunakan kakinya sendiri tanpa ada pengaruh-pengaruh dari bangsa asing

    ReplyDelete
  11. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Hakekat tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan kreativitas siswa dan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan. Hakekat belajar adalah melakukan penelitian, bekerjasama, dan introspeksi. Hakekat mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan gurunya. Terkait dengan sumber belajar maka siswa dapat memanfaatkan alat peraga dan alat bantu bahkan lingkungan alam sekitar dan masyarakat dengan segenap isinya dapat juga dijadikan sebagai sumber belajar. Hakekat evaluasi belajar adalah portfolio dan assessment atau portfolio dan konteks belajar. Seharusnya inilah yang menjadi patokan para pakar pendidikan dalam membuat kurikulum untuk diterapkan di Indonesia.

    ReplyDelete
  12. Herwati Dian Saputri
    12313244004
    Pend. Matematika (Inter.)

    Sumber belajar bagi siswa bukan hanya guru dan buku. Ada banyak sekali sumber belajar bagi siswa, diantaranya teman sekelas, lingkungan, pengalaman dll. Oleh karena itu, seorang guru perlu memanfaatkan sumber-sumber belajar tersebut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran agar lebih berinovasi. Tidak hanya ceramah melulu, namun ada juga diskusi, permainan, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  13. Herwati Dian Saputri
    12313244004
    Pend. Matematika (Inter.)

    Membahas mengenai sumber belajar bagi siswa. Saat ini banyak persepsi yang menganggap sumber belajar itu guru dan buku. padahal lingkungan sekitar dan pengalaman siswa itu adalah sumber blajara yang sangat baik karena berkaitan langsung dengan siswa dan mudah untuk diingat

    ReplyDelete
  14. Herwati Dian Saputri
    12313244004
    Pend. Matematika (Inter.)

    Dari penjelasan di atas, guru diharapkan mampu untuk memfasilitasi dan membimbing siswa untuk menggunakan berbagai sumber belajar yang ada di sekitarnya. Sehingga pembelajaran berjalan dengan baik dan menyenangkan. Tidak melulu disuruh membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru.

    ReplyDelete
  15. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Tidak ada yang melarang seseorang untuk berinovasi dalam dunia pendidikan. Malah guru dianjurkan untuk selalu melakukan inovasi dalam pembelajarannya tentunya agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. Setiap saat guru melakukan penelitian dalam kelasnya, mendapatkan masalah di kelas, kemudian mencari solusinya kemudian diterapkan, hal itu merupakan salah satu bentuk inovasi. Kemudian dalam berinovasi tentu saja harus memperhatikan ruang dan waktunya, inovasi bertujuan untuk menciptakan pendidikan yang lebih baik, bukannya malah membuat pendidikan menjadi buruk.

    ReplyDelete
  16. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Sebagai seorang pendidik yang profesional hendaknya kita melakukan berbagai inovasi yang dapat memajukan dunia pendidikan. Inovasi timbul dari kreativitas. Inovasi yang dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa dan menjamin perkembangan siswa. Dari sekarang kita harus menyiapkan masa depan melalui inovasi. Agar siswa juga dapat memiliki masa depan yang meyakinkan.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  17. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Sebagai seorang calon pendidik, kita perlu mengetahui dan menciptakan berbagai inovasi pendidikan. Inovasi pendidikan dimaksudkan agar pembelajaran tidak hanya sekedar proses mentransfer ilmu, namun juga sebagai sarana mengembangkan pribadi siswa. Inovasi juga dimaksudkan karena telah terjadi perubahan zaman.

    ReplyDelete
  18. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Pendidikan tidaklah menekankan pada kecerdasan dan pengetahuan semata. Tujuan pendidikan tidak hanya menjadikan anak cerdas, pintar,dan kritis, tetapi berupaya menjadikan anak yang berkualitas baik secara IQ Dan ESQ (Emotional Spritual Quotient). Banyak orang yang ber-IQ tinggi, menciptakan inovasi, sayangnya tidak dapat bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungannya. Oleh karena IQ yang bagus harus diimbangi dengan ESQ yang baik, karena pendidikan tanpa ESQ akan melahirkan seseorang yang cerdas tetapi low society, dan low morality, sehingga nilai kecerdasannya seringkali kurang membuming di masyarakat.

    ReplyDelete
  19. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Salah satu cara yang efektif untuk mempersiapkan masa depan ialah melalui pendidikan. Namun, sekarang ini masih banyak permasalahan yang terjadi dalam bidang pendidikan. Sementara permasalahan tersebut bersifat dinamis. Oleh karena itu, inovasi pendidikan merupakan satu hal penting untuk terus menerus dilakukan. Dalam melakukan inovasi perlu memperhatikan berbagai aspek. Elegi ini mengungkapkan beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan inovasi pendidikan ialah tujuan pendidikan, hakekat belajar, mengajar, sumber belajar, evaluasi, kurikulum, ideologi, ilmu, nilai moral, dan siswa. Pada dasarnya, inovasi pendidikan memandang siswa sebagai subyek yang memiliki potensi untuk mengembangkan dirinya. Dengan demikian guru berkewajiban untuk memfasilitasi siswa dalam belajar, baik sumber , media, maupun lingkungan sehingga siswa mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  20. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Inovasi menjadi syarat wajib dalam proses belajar mengajar terutama bagi guru sebagai fasilator dalam proses pembelajaran. Guru harus mampu berinovasi dalam proses pembelajaran karena masa depan siswa itu tergantung dari bagaimana inovasi guru terkait kerangka/konsep belajar yang diterapkannya mengingat adanya keanekaragaman dari tiap-tiap siswa. Inovasi penting karena menentukan aktualisa diri yang dapat dicapai siswanya terkait aktualisasi kognitif dan sosial siswa dengan optimal. Maka inovasi dalam proses belajar mengajar berbanding lurus terhadap masa depan siswa.

    ReplyDelete
  21. Mifta Tyas Laksita Sari
    13301241005
    Pend. Matematika A 2013

    Berbicara pendidikan adalah berbicara tentang bagaimana membentuk karakter manusia, terutama untuk Indonesia. Tujuan pendidikan adalah membentuk karakter dan peradaban bangsa yang bermartabat. Untuk itu diperlukan langkah-langkah agar pendidikan dapat mencerdaskan anak bangsa. Salah satu yang perlu dilakukan yaitu diadakan inovasi pendidikan bai dari guru dan pemerintah.

    ReplyDelete
  22. Mifta Tyas Laksita Sari
    13301241005
    Pend. Matematika A 2013

    Banyak inovasi pendidikan dengan memperhatikan tujuan dan ideologi pendidikan. Ada teori belajar, teori mengajar, teori sumber belajar, teori evaluasi belajar, teori kurikulum, hakikat ilmu, nilai-nilai moral, dan hakikat dari siswa. Dengan inovasi yang mencangkup beberapa hal tersebut kiranya bukan hanya dilakukan oleh guru. Calon guru pun perlu mengetahui hal-hal tersebut

    ReplyDelete
  23. Mifta Tyas Laksita Sari
    13301241005
    Pend. Matematika A 2013

    Dalam melakukan apapun, inovasi diperlukan. Inovasi diciptakan agar sesuatu menuju ke arah yang lebih baik. Dalam pendidikan, inovasi diperlukan untuk memperbaiki dan menmpersiapkan peserta didik menghadapi tantangan masa depan seiring perkembangan era yang berubah-ubah. Akan tetapi, tercapainya kemajuan pendidikan diperlukan kerjasama antara peserta didik dan guru.

    ReplyDelete
  24. Fauzul Muna Afani
    Pendidikan Matematika A 2013
    13301241010

    Pendidikan adalah salah satu faktor yang membuat suatu bangsa maju. Negara-negara maju sangat memperhatikan pendidikan bagi bangsa-bangsanya. Mereka sangat berhati-hati dengan kebijakan mengenai pendidikan dinegara mereka. Jepang menjadi negara maju karena sangat memperhatikan pendidikan, mengahargai guru. Ketika kota Nagasaki dan Hiroshima di bom nuklir hal yang pertama dilakukan oleh pemerintah Jepang untuk memperbaiki negaranya adalah mencari guru yang selamat. Hal ini menunjukkan bahwa Jepang sangat menghargai pendidikan.Negara Indonesia juga menyadari peran pendidikan bagi kemajuan bangsanya akan tetapi hal ini belum dijalani dengan sunggu-sungguh dan tergesa-gesa dalam membuat kebijakan.

    ReplyDelete
  25. Fauzul Muna Afani
    Pendidikan Matematika A 2013
    13301241010

    Di Indonesia pendidikan masih belum tertata hal ini terlihat dengan kurikulum yang selalu berganti karena kebikan dari mentri pendidikan. Saat ini Indonesia sedang mencoba untuk menginovasi pembelajaran agar dapat mencapai tujuan pendidikan. Akan tetapi perlu diperhatikan beberapa hal apabila ingin membuat inovasi dalam pembelajaran, hal-hal itu adalah tujuan dari pendidikan, teori mengajar, teori belajar, teori sumber belajar, teori evaluasi belajar, kurikulum, ideologi pendidikan, hakekat ilmu, nilai moral dan hakekat siswa.

    ReplyDelete
  26. Fauzul Muna Afani
    Pendidikan Matematika A 2013
    13301241010

    Hal-hal tersebut penting karena untuk dapat membuat inovasi maka kita harus tau bagaimana siswa belajar, bagaimana psikologi anak, bagaimana tahap berpikir anak, bagaimana karakteristik anak, bagaimana suasana yang cocok bagi pembelajaran. Selain akademik pendidikan juga harus bisa membentuk karakter anak, menanamkan nilai moral bagi anak. Inovasi sangat diperlukan karena zaman yang semakin maju dan teknologi yang semakin canggih. Apabila kita tetap menggunakan cara yang lama maka akan tertinggal jauh dengan bangsa-bangsa lain. Inovasi dalam pendidikan sebagai bekal anak-anak bangsan untuk menghadapi tantangan di masa depan.

    ReplyDelete
  27. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Perkembangan jaman dan arus globalisasi pada abad ini tuntutan terhadap inovasi pendidikan harus dilakukan dan merupakan hal yang wajib agar dapat mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas sesui dengan perkembangan zaman. Tanpa adanya inovasi pendidikan maka inovasi dalam bidang-bidang lain pun akan mengalami kemandekan atau berhenti maka negarapun tidak akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan baik dalam bidang social, politik, budaya, ekonomi, teknologi dan lain sebagainya. Maka membangun spiritual, moral, karakter dan pengetahuan sejak dini dari generasi muda dalam menghadapi arus globalisasi adalah hal penting dalam mempersiapkan generasi untuk masa depan baik untuk dirinya maupun untuk bangsa dan negara.

    ReplyDelete
  28. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016


    Di dunia globalisasi saat ini adalah penting untuk selalu melakukan inovasi dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk berinovasi dalam dunia pendidikan. Seperti halnya elegi menggapai inovasi pendidikan ini terdapat banyak jenis inovasi yang dapat dilakukan pada pendidikan seperti sumber belajar, teori mengajar, evaluasi belajar, kurikulum, ideologi pendidikan dan lain sebagainya yang dapat menunjang kualitas pendidikan kearah yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  29. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Inovasi dalam pendidikan cukup banyak, namun saya ingin meengomentari mengenenai inovasi mengenai sumber belajar dimana perkembangan akan sumber belajar saat ini sudah sangat pesat. Pengetahuan ada dimana-mana melalui penggunaan internet dan berbagai buku elektronik. Internet bagaikan dua mata pisau dapat digunakan untuk hal baik dan dapat digunakan untuk hal buruk. Oleh karena itu, menjadi kesadaran dalam diri masing-masing sebaiknya internet digunakan untuk apa. Fenomena yang terjadi saat ini, dimana sumber belajar dan segala informasi dapat diakses dengan mudah menyebabkan anak-anak menjadi dewasa sebelum waktunya. Anak SMP zaman sekarang sudah mengetahui seks itu seperti apa, dibandingkan anak SMP zaman dahulu yang masih culun. Sehingga dalam hal ini pengawasan dari orang tua dan juga regulasi dari pemerintah yang harus berperan untuk mengendalikan penggunaan internet agar menjadi lebih positif.


    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  30. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Ideologi pendidikan akan dibawa menuju industrialisasi. Industrialisasi dalam pendidikan perlu dilakuakan agar Indonesia dapat bersaing menjadi negara industri. Industri disini bukan hanya bertumpu pada pabrik dan mesin, industri disini dapat berupa industri kemaritiman, industri agraris. Jadi industri disini yakni kita tidak lagi menjual barang mentah ke pasar, namun barang tersebut telah diolah terlebih dahulu, proses pengolahan barang mentah menjuadi barang setengah jadi maupun barang jadi itulah yang akan menjadi industri. Industri bisa juga industri kerajinan rumah tangga, yang mengolah barang mentah menjadi barang dengan ekonomis yang tinggi.


    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  31. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Hakekat inovasi pendidikan adalah memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk melakukan diskusi dan melakukan penelitian.jadi itulah sebenar-benar inovasi. Sistem pendidikan di Indonesia haruslah diinovasi agar sesuai dengan standar pendidikan di dunia internasional. Oleh karena itu hendaklah kurikulum di Indonesia diubah atau disesuaikan dengan ide Paul Ernest sehingga terjadi inovasi pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

    ReplyDelete
  32. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Salah satu ciri suatu yang bangsa yang yang berkualitas adalah dengan melihat sistem pendidikannya. Sistem pendidikan yang berkualitas dapat ditinjau dari beberapa aspek, mulai dari keadaan guru, fasilitas, dan atau sistem pembelajaran yang dilaksanakan. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu memberikan kesan bermakna bagi siswa akan materi yang diajarkan. Salah satu agar pembelajaran tersebut bermakna adalah dengan adanya pembelajaran yang inovatif atau inovasi dalam pendidikan. Inovasi pendidikan dapat terjadi jika pendidikan bertujuan mengembangkan kreativitas siswa-siswanya dan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan berkelanjutan; belajar adalah melakukan penelitian dengan percaya diri, bekerjasama, dan instrospeksi; mengajar adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan gurunya (konstruktivis) dan memberi kesempatan seluas-luasnya agar para siswa mampu melakukan kegiatan diskusi dan melakukan kegiatan penelitian.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  33. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Pendidikan kontemporer di Indonesia sekarang adalah kurikulum 2013 yang mana telah dijalankan hingga sekarang. Dan telah berjalan cukup baik di kalangan para pelaku pendidikan kendati masih banyak juga yang belum paham sebenarnya arti kurikulum ini. Di kurikulum 2013 ini banyak sekali inovasi-inovasi yang membangun. Walau yang namanya metode memang ada kelebihan dan kekurangan. Ada tesis dan antitesisnya. Meski begitu, diharapkan kurikulum ini akan sebaik yang diterapkan di Finlandia, khususnya. Diperlukan inovasi terus-menerus dan sedikit 'memaksa' siswa untuk berpikir kreatif dan aktif. Buku-bukunya saja sudah berbeda isinya.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  34. Nauqi Aprilia Putri
    13301241023
    Pendidikan Matematika A 2013

    Dari elegi di atas, memberikan pengetahuan mengenai tujuan pendidikan, teori belajar, teori mengajar, teori sumber belajar, teori evaluasi belajar, teori kurikulum, ideologi pendidikan, hakekat ilmu, nilai moral dan hakekat siswa dengan masing – masing 5. Salah satu dari tujuan pendidikan yaitu mengembangkan kreativitas. Dengan demikian, guru sangat berpengaruh dalam tujuan pendidikan tersebut. Dengan kemampuan yang dimiliki guru, maka guru dapat mengetahui bagaimana cara guru dapat mengembangkan kreativitas siswa, memenuhi kebutuhan siswa yang beragam.

    ReplyDelete
  35. ANDI SRI MARDIYANTI SYAM
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah
    Assalamu Alaikum Wr. Wb.,

    Santoso H Hamidjojo seperti dikutip Abdulhak (2002), menyatakan inovasi pendidikan adalah sesuatu perubahan yang baru secara kualitatif berbeda dari hal yang ada sebelumnya dan diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu termasuk dalam bidang pendidikan. Inovasi pendidikan mencakup hal-hal yang berhubungan dengan komponen sistem pendidikan dalam arti sempit (suatu lembaga pendidikan) atau dalam arti luas (sistem pendidikan).

    Sekian, terima kasih
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  36. ANDI SRI MARDIYANTI SYAM
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah
    Assalamu Alaikum Wr. Wb.,

    Menurut Stephen Robbins (1994) menyebutkan bahwa inovasi sebagai suatu gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai dan memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa. Robbins lebih memfokuskan pada tiga hal (1) gagasan baru (2) barang dan jasa dan (3) upaya perbaikan. Dan Zaltman dan Duncan berpendapat bahwa semua inovasi adalah perubahan sosial, akan tetapi tidak semua perubahan sosial tentu inovasi. Inovasi merupakan perubahan sosial yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dan diamati sebagai sesuatu yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat).

    Sekian, terima kasih
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  37. ANDI SRI MARDIYANTI SYAM
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah
    Assalamu Alaikum Wr. Wb.,

    Thompson dan Eveland (1967) mendefinisikan inovasi sama dengan teknologi, yaitu suatu desain yang digunakan untuk tindakan instrumental dalam rangka mengurangi ketidak teraturan suatu hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Jadi, inovasi dapat dipandang sebagai suatu upaya untuk mencapai tujuan tertentu. Inovasi yang di lakukan dalam pendidikan bertujuan mengembangkan pembelajaran agar lebih menarik, lebih baik, memadai dan menjadikan peserta didik lebih mudah dalam memperoleh ilmu pengetahuan ataupun pendidikan. Inovasi tidak hanya ada di bidang kurikulum ataupun kegiatan pembelajaran, ada juga dalam bidang sarana dan prasarana, media pembelajaran, dan lain-lain.

    Sekian, terima kasih
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  38. ANDI SRI MARDIYANTI SYAM
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah
    Assalamu Alaikum Wr. Wb.,

    Pendidikan merupakan sarana dalam mengembangkan ilmu dan pengetahuan masyarakat, pendidikan menjadi magnet utama dalam proses perubahan karena dalam sebuah pendidikan terjadi proses transfer ilmu (transfer of knowledge) yang dilaksanakan dengan proses pembimbingan oleh guru atau mentor. Semakin hari perkembangan iptek semakin dengan cepat berkembang di masyarakat maka dari itu, pendidikan pun harus berkembang sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat. Di dalam bidang pendidikan dikenal dengan istilah kegiatan belajar mengajar atau disebut juga pembelajaran dalam kurikulum 2013. Perkembangan yang mengakibatkan proses pembelajaran merupakan salah satu inovasi yang terjadi dalam dunia pendidikan.

    Sekian, terima kasih
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  39. ANDI SRI MARDIYANTI SYAM
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah
    Assalamu Alaikum Wr. Wb.,

    Semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, menuntut manusia untuk melakukan pengembangan berupa inovasi ataupun perubahan dalam pendidikan. Seperti melalui materi pembelajaran, model pembelajaran, metode pembelajaran, dan sebagainya. Inovasi yang terjadi dalam pendidikan diharapkan mampu memberikan keseimbangan antara kemajuan iptek dan manusia sehingga menghasilkan peserta didik yang aktif, kreatif dan inovatif.

    Sekian, terima kasih
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  40. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Hakekat inovasi pendidikan adalah memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa agar mampu menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri dan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk melakukan diskusi dan melakukan penelitian.jadi itulah sebenar-benar inovasi.
    Misalnya peningkatan dalam pendidikan, metode belajar, metode mengajar, cara hidup, cara pandang kita harus selalu berinovasi. Diam di tempat tidak akan membuat kita bisa lebih pandai. Pandai dalam artian bisa lebih pintar untuk menanta jati diri dan pikiran kita.

    ReplyDelete
  41. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Pada suatu sistem, terkadang membutuhkan suatu inovasi untuk memperbaiki atau menyempurnakan sistem tersebut. Sistem pendidikan yang berkecimpung dengan dunia anak sekolah, dari tahun ke tahun kehidupan di dunia ini mengalami perkembangan, oleh karena itu dalam pendidikan pun perlu pengembangan melalui inovasi. Inovasi pendidikan akan mencakup 10 hal. Elegi di atas menjelaskan bahwa setidaknya ada 10 hal yang harus diketahui guru dalam pembelajaran yang dapat membantunya mencetak generasi masa depan yang sesuai dengan tantangan jaman. Yaitu : tujuan pendidikan, teori belajar, teori mengajar, teori sumber belajar, teori evaluasi belajar, teori kurikulum, ideologi pendidikan, hakekat ilmu, nilai moral, dan hakekat siswa.

    ReplyDelete
  42. NUR AZIZAH
    16709251017
    PMAT KELAS A PPS UNY 2016

    Inovasi pendidikan adalah suatu kegiatan pembaruan dalam upaya memperbaiki dan menjadikan suatu tatanan pendidikan yang lebih baik lagi. Inovasi pendidikan tidak melulu isu terkait bagaimana metode baru itu dikembangkan. Jauh lebih kompleks dari itu, inovasi pendidikan menyentuh teori belajar, teori mengajar, hakekat siswa, nilai-nilai moral, ideologi pendidikan, kurikulum, evaluasi pembelajaran, sumber belajar, bahkan tujuan pembelajaran. Maka inovasi pendidikan berarti inovasi pada sistem seccara menyeluruh.

    ReplyDelete
  43. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Inovasi sangat diperlukan dalam dunia pendidikan . Untuk menjawab masalah pendidikan yang kompleks akibat dari kurikulum yang dibuat asal-asalan, lemahnya karakter bangsa, kualifikasi guru yang rendah, dan tidak adanya perubahan mindset mengenai pendidikan. Siswa jangan hanya diberikan pengetahuan tapi juga kompetensi yang lebih penting, lebih bagus lagi kemampuan transfer, yaitu kemampuan untuk menerapkan pengetahuan yang dimiliki di bidang lain.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id