Mar 7, 2011

Elegi Konferensi Internasional I Para Transenden




Oleh Marsigit

Transenden Ketua:

Wahai para Transenden dari seluruh dunia. Di dalam forum agung ini tidaklah semestinya kita berpikir parsial. Kita harus mampu menghasilkan pemikiran yang bersifat universal, intensif dan ekstensif. Ketahuilah bahwa semua pembicaraan dan produk kita itu menjadi sorotan semua orang di seluruh dunia. Tidak hanya itu mereka juga mengharapkan hasil-hasil yang kongkrit yang bisa diterapkan secara adil bagi seluruh dunia. Di sini sengaja saya akan memberikan warning kepada Para Bagawat Transinternasional dan Para Bagawat Neolisme untuk berkata jujur dan adil. Untuk itu saya mengharapkan agar para Transenden Negeri Barat mampu berkomunikasi secara konstruktif dengan para Transenden Negeri Timur. Juga semuanya termasuk para Transenden Negeri Utara dan para Transenden Negeri Selatan. Seperti lazimnya, setelah pidato pembukaan ini, silahkan para Transenden mempresentasikan masalahnya masing-masing, kemudian kita mencari solusinya secara bersama-sama. Silahkan.

Transenden Dunia Timur:
Hadirin semua. Kenalkan saya adalah Transenden Timur. Sebagai Transenden Timur, maka saya tidak hanya merefleksikan hidup orang-orang timur, tetapi saya juga menjadi jiwa dan panutan mereka. Tiadalah hal kecil seberapapun dari Dunia Timur lepas dari pantauanku. Maka sifat-sifatku itu adalah hermenitika kehidupan mensejarah masyarakat dunia timur. Sekecil apapun yang namanya dunia, maka dia telah merangkum semua unsur-unsurnya. Unsur-unsur dunia timur itu juga lengkap selengkap unsur dunia di tempat lainnya. Kita mempunyai unsur fisik, unsur materi, unsur formal, unsur normatif, unsur transenden dan unsur spiritual. Walaupun dengan penekanan berbeda, kami juga mempunyai semua unsur metode dunia timur. Metode kami meliputi biasanya kualitatif itu lebih utama dari pada kuantitatif, hati lebih utama daripada pikir, bersama lebih utama dari pada sendiri, seluruh lebih utama dari pada parsial, memberi lebih utama daripada mencari, diam konstruktif lebih utama daripada bicara tak efektif, seimbang lebih utama daripada tak imbang, penjelasan lebih utama daripada angka-angka, tenang lebih utama daripada ramai, kompromi lebih utama daripada bertengkar, praktik lebih utama daripada teori, contoh lebih utama daripada teori, panutan lebih utama daripada bersifat liar, lingkungan hidup lebih utama daripada kepentingan manusia, kosong lebih utama daripada bernafsu. Spiritual adalah segala-galanya dan ditempatkan dipuncak dunia timur. Maka bagi kami, semua unsur itu adalah sakral sifatnya. Etnik dan suku itulah pilar-pilar kehidupan dunia timur. Lebih baik terbatas pengetahuanku daripada mengembarakan pikiranku tetapi akan membakar hatiku. Ritual dan tradisi adalah wajahku. Nilai kebijakan tertinggiku adalah mampu memberi sesuatu kepada sesama. Penghuniku meliputi pusat-pusat penyebar nilai-nilai etik, budaya, nilai-nilai moral dan ajaran spiritual. Aku kurang begitu paham mengapa musti ada dunia timur dan dunia barat?. Yang menjadi persoalan pokok kami adalah bagaimana kami tetap mempertahankan sifat dan karakteristik dunia kami tanpa gangguan dari dunia di luar diri kami?

Transenden Dunia Barat:
Hadirin semua. Kenalkan saya adalah Transenden Barat. Sebagai Transenden Barat, maka saya tidak hanya merefleksikan hidup orang-orang barat, tetapi saya juga menjadi jiwa dan panutan mereka. Tiadalah hal kecil seberapapun dari Dunia Barat lepas dari pantauanku. Maka sifat-sifatku itu adalah hermenitika kehidupan mensejarah masyarakat dunia barat. Sekecil apapun yang namanya dunia, maka dia telah merangkum semua unsur-unsurnya. Unsur-unsur dunia barat itu juga lengkap selengkap unsur dunia di tempat lainnya. Kita mempunyai unsur fisik, unsur materi, unsur formal, unsur normatif, unsur transenden dan unsur spiritual. Walaupun dengan penekanan berbeda, kami juga mempunyai semua unsur metode dunia barat. Metode kami meliputi biasanya kuantitatif itu lebih utama dari pada kuanlitatif, rasio lebih utama daripada terjebak perasaan, sistem lebih utama dari pada komponen, mencari lebih utama daripada memberi, logos lebih utama daripada mitos, dunia yang realistis lebih utama daripada dunia yang irasional, teknologi lebih utama daripada berserah diri, mencari dan menggali lebih utama daripada diam tetapi mati, tidak kosong itu lebih utama dari pada kosong hanya melamun, eksploitasi lebih utama daripada diam tak termanfaatkan. Penjelajahan dunia tak terbatas adalah lebih utama untuk kepentingan generasiku. Nilai tertinggi kebijakanku adalah mencari dan mencari. Barang siapa mampu terus mencari maka itulah sebenar-benar orang bijaksana di dunia barat. Penghuniku terdiri dari pusat-pusat penjelajah dunia, korporasi dan kampeni. Penjelajahanku telah menemukan bahwa di sana ada dunia timur. Maka aku memahami mengapa ada dunia barat dan dunia timur, itu semata-mata disebabkan karena faktor geografis belaka. Yang menjadi persoalan kami adalah bagaimana kami mampu mengembangkan teknologi dan metodologi untuk menyempurnakan penjelajahan kami mengarungi unlimited seluruh dunia dan ruang angkasa yang ada.

Transenden Dunia Utara:
Hadirin semua. Kenalkan saya adalah Transenden Dunia Utara. Sebagai Transenden Dunia Utara, maka saya tidak hanya merefleksikan hidup orang-orang utara, tetapi saya juga menjadi jiwa dan panutan mereka. Tiadalah hal kecil seberapapun dari Dunia Utara lepas dari pantauanku. Maka sifat-sifatku itu adalah hermenitika kehidupan mensejarah masyarakat dunia utara. Sekecil apapun yang namanya dunia, maka dia telah merangkum semua unsur-unsurnya. Unsur-unsur dunia utarat itu juga lengkap selengkap unsur dunia di tempat lainnya. Kita mempunyai unsur fisik, unsur materi, unsur formal, unsur normatif, unsur transenden dan unsur spiritual. Walaupun dengan penekanan berbeda, kami juga mempunyai semua unsur metode dunia utara. Metode kami meliputi biasanya kuantitatif itu lebih utama dari pada kuanlitatif, rasio lebih utama daripada terjebak perasaan, sistem lebih utama dari pada komponen, mencari lebih utama daripada memberi, logos lebih utama daripada mitos, dunia yang realistis lebih utama daripada dunia yang irasional, teknologi lebih utama daripada berserah diri, mencari dan menggali lebih utama daripada diam tetapi mati, tidak kosong itu lebih utama dari pada kosong hanya melamun, eksploitasi lebih utama daripada diam tak termanfaatkan. Penjelajahan dunia tak terbatas adalah lebih utama untuk kepentingan generasiku. Nilai tertinggi kebijakanku tidaklah hanya mencari dan mencari, tetapi hasil dan manfaat yang sebesar-besarnya untuk menghidupi dunia utara. Barang siapa mampu terus mencari dan menghasilkan produk baru sebanyak-banyaknya maka itulah sebenar-benar orang bijaksana di dunia utara. Penghuniku tidak hanya pusat-pusat penjelajah dunia, korporasi dan kampeni, tetapi Dunia Barat telah menyatakan diri bergabung dengan Dunia utara. Penjelajahanku telah menemukan bahwa di sana ada dunia selatan. Maka aku memahami mengapa ada dunia barat, dunia timur, dan dunia selatan itu semata-mata disebabkan karena faktor geografis belaka. Tetapi ketahuilah bahwa sebenar-benar Dunia Selatan itu adalah ciptaanku. Aku telah mentransformir Dunia Timur menjadi Dunia Selatan agar aku lebih leluasa dan tidak semata-mata kelihatan mengeksploitasi mereka. Maka kekacauan di Dunia Timur itu bukanlah tanpa disengaja. Tentu aku yang merencanakan, sedangkan sifat mereka hanyalah tidak mengetahuinya saja. Yang menjadi persoalan kami adalah bagaimana kami mampu mengembangkan teknologi dan metodologi untuk menyempurnakan penjelajahan kami mengarungi unlimited seluruh dunia dan ruang angkasa yang ada serta seoptimal mengekploitasi dunia selain diriku. Aku sedang mengembangkan metode agar Dunia Selatan secara iklhas menjadi partner terekploitasi oleh kebutuhan dan kepentinganku.


Transenden Dunia Selatan:

Hadirin semua. Kenalkan saya adalah Transenden Selatan. Sebagai Transenden Selatan, maka saya tidak hanya merefleksikan hidup orang-orang selatan, tetapi saya juga menjadi jiwa dan panutan mereka. Tiadalah hal kecil seberapapun dari Dunia Selatan lepas dari pantauanku. Maka sifat-sifatku itu adalah hermenitika kehidupan mensejarah masyarakat dunia selatan. Sekecil apapun yang namanya dunia, maka dia telah merangkum semua unsur-unsurnya. Unsur-unsur dunia timur itu juga lengkap selengkap unsur dunia di tempat lainnya. Kita mempunyai unsur fisik, unsur materi, unsur formal, unsur normatif, unsur transenden dan unsur spiritual. Walaupun dengan penekanan berbeda, kami juga mempunyai semua unsur metode dunia selatan. Kami ingin menyampaikan bahwa keadaan kami sekarang sedang mengalami perubahan besar-besaran. Mengapa? Karena kami di dunia selatan itu sedang menjadi tempat pertempuran antara Dunia Barat dan Dunia Timur. Ditambah lagi konon Dunia Utara juga ikut nimbrung memanfaatkan suasana. Maka sebenar-benar yang terjadi adalah bahwa tiadalah metode yang jelas yang dapat kami kembangkan. Kami mengalami kebimbangan dan kebingungan bagaimana menerapkan metode kualitatif atau metode kuantitatif. Kami bingung apakah pikiran dulu atau hati dulu. Kami bingung apakah keseluruhan dulu atau parsial dulu. Kami bingung apakah mencari dulu atau memberi dulu. Kami bingung apakah teori dulu atau praktek dulu. Kami bingung apakah berdamai atau bertengkar. Kami bingung apakah kosong atau isi. Kami bingung apakah sistem atau komponen. Kami bingung apakah logos atau mitos. Kami bingung apakah teknologi atau doa. Kami bingung apakah sendiri atau sistemik. Kami bingung apakah materi atau spiritual. Kami bingung apakah yang bisa kami utamakan. Kami bingung mengidentifikasi siapa penghuni kami. Kami bingung apakah nilai keutamaan dan kebijakan kami. Dikarenakan itu semua maka kami juga sedang mengalami krisis multidimensi. Dari pemimpin hingga rakyat sampai para Bagawat, dari materi hingga spiritual semuanya mengalami krisis. Bahkan iman dan taqwa kami juga mengalami tekanan berat oleh produk-produk mutakhir dari Dunia Barat dan Dunia Utara.

Transenden Ketua:
Oo..oo..itulah ternyata bahwa harus ada bermacam-macam dunia. Itulah kodratnya bahwa beraneka ragam itu pasti harus ada. Dunia Barat, Dunia Timur, Dunia Utara dan Dunia Selatan mempunyai sifat dan keadaannya serta persoalannya masing-masing. Aku iba dengan Dunia Selatan, kelihatannya dia sendirilah yang menjadi korban dari karakteristik yang ada. Hei-hei Dunia Timur...mau kemana? Jangan pergi dulu..kelihatannya engkau juga tidak begitu happy dengan keadaan yang ada? Baik akan saya selenggarakan konferensi ke dua bagaimana mencari solusi dari persoalan-persoalan mereka itu.

31 comments:

  1. Dita Nur Syarafina
    NIM. 16709251003
    PPs Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Setiap bagian dunia mempunyai karakteristik masing-masing. Perbedaan masing-masing dunia bukan hanya dari segi letak geografisnya, melainkan juga falsafah hidupnya. Dunia timur mengedepankan nilai-nilai etik, budaya, moral, dan ajaran spiritual dari yang lain-lainnya. Dunia barat lain lagi, dia mengepandakan kuantitas, hal logis, objektifitas, dan realitis dari pada perasaan yang subyektifitas, irasional, dan kualitatif. Dunia utara lebih mengedepankan mencari dan mengembangkan produk baru untuk menjelajah dunia. Sedangkan dunia selatan adalah kelompok yang tidak mempunyai pendirian, yang selalu menjadi follower bukan founder.

    ReplyDelete
  2. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing belahan dunia berbeda-beda, sehingga tentu penyelesaiannya pun akan berbeda beda. Di dunia timur permasalahannya adalah bagaimana mempertahankan sifat dan karakter, sedangkan di dunia barat permasalahannya dalah bagaimana mengembangkan teknologi dan metodologi untuk menyempurnakan penjelajahan mereka. Gambaran dunia selatan dalam elegi ini sangatlah mirip dengan keadaan bangsa Indonesia, yang menjadi korban dari karakteristik ketiga dunia itu dan menjadi lahan eksploitasi mereka. Sehingga bangsa Indonesia mengalami krisis multidimensi, dari pemimpin hingga rakyat dan begawat, dari materi hingga spiritual, semua mengalami tekanan berat oleh produk-produk mmutakhir dari dunia barat.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  3. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing belahan dunia berbeda-beda, sehingga tentu penyelesaiannya pun akan berbeda beda. Di dunia timur permasalahannya adalah bagaimana mempertahankan sifat dan karakter, sedangkan di dunia barat permasalahannya dalah bagaimana mengembangkan teknologi dan metodologi untuk menyempurnakan penjelajahan mereka. Gambaran dunia selatan dalam elegi ini sangatlah mirip dengan keadaan bangsa Indonesia, yang menjadi korban dari karakteristik ketiga dunia itu dan menjadi lahan eksploitasi mereka. Sehingga bangsa Indonesia mengalami krisis multidimensi, dari pemimpin hingga rakyat dan begawat, dari materi hingga spiritual, semua mengalami tekanan berat oleh produk-produk mmutakhir dari dunia barat.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  4. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Dari elegi ini diperoleh bahwa dunia timur, barat, utara, dan selatan memiliki karakternya masing-masing. Misalkan saja dunia timur penuh dengan kebersamaan atau gotong royong, memiliki rasa solidaritas yang tinggi, perasaan lebih dominan dibandingkan dengan pikiran, sangat menjunjung tinggi spiritual dan budaya, tetapi sekarang dunia timur secara bertahap sedang mengikuti gaya hidup dunia barat (dari segi pakaian, gaya bicara atau sopan santun). Jika hal tersebut terus berlanjut maka karakter dunia timur akan luntur sedikit demi sedikit. Seharusnya kita meniru kehidupan barat yang positif, misalnya keilmuannya. Dan jika kehidupan kontemporer negatif telah menguasai kehidupan dunia timur maka bahagialah mitos, karena inilah misi-misi mitos pada umumnya yaitu mengubah logos.

    ReplyDelete
  5. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Semua orang di dunia berasal dari belahan dunia yang berbeda-beda, memiliki kebudayaan dan cirri khas tersendiri. Perbedaan inilah yang membuat waarna dalam sebuah lapisan masyarakat. Ada kebudayaan timur, barat, selatan dan utara. Sudah selayaknya setiap orang dari berbgai belahan dunia hidup berdampingan dan menjaga perdamaian, walau tidak dipungkiri setiap bagian dari belahan dunia memiliki masalah masing masing yang harus dihadapi. Bahkan ada yang bermsalah antara belahn dunia yang satu dengan yang lainnya. Akan tetapi tidak semstinya itu memecah belah dalam sebuah ekosistem kehidupan bermasyarakat. Walaupun ada yang dinamakan dengan negara adidaya atau adikuasa yang pengaruhnya dapat tersebar ke seluruh belahan dunia, janganlah sampai terkesan untuk berusaha menguasai satu sama lain.

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum Wr. Wb
    Dalam elegi ini menggambarkan perbedaan antara dunia barat, dunia timur, dunia utara dan dunia selatan. Perbedaan-perbedaan ini adalah hal yang wajar karena didunia ini pastilah tidak ada yang sama dan bersifat kontradiksi. Perbedaan itu ada yang baik dan ada yang buruk, yang terpenting adalah cara kita menyikapinya, sehingga kita bisa menghargai dan menghormati segala perbedaan tersebut.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    ReplyDelete
  7. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Dunia terbagi menjadi empat yaitu dunia utara,barat, timur dan selatan dan keempat dunia tersebut mempunyai prinsip, kebudayaan, norma yang berbeda-beda. Setiap prinsip, kebudayaan, serta norma mereka ada yang bersifat positif serta ada juga yang negatif sehingga kita bisa mengambil dari sisi positifnya saja dan menghindari hal-hal negatifnya.

    ReplyDelete
  8. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Setiap belahan dunia memiliki karakteristik dan kebutuhan masing-masing yang berbeda-beda antarbelahan. Setiap perbedaan itu mengajarkan kita untuk saling menghargai dan memahami akan kebutuhan dari masing-masing belahan dunia serta belajar untuk tidak bersifat egois terhadap kebutuhan pribadi kita. Elegi ini menyadarkan bahwa masih ada manusia selain kita yang memiliki tujuan, pemikiran, kebutuhan yang mungkin berbeda.

    ReplyDelete
  9. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Dunia barat, dunia timur, dunia selatan, dunia utara, masing- masing memiliki karakteristik yang berbeda. Dunia barat dan utara yang selalu ingin mencari dan memanfaatkan, dunia timur dengan spiritualnya, dan dunia selatan dengan kebimbangannya. Dunia selatan ini ibarat anak kecil yang masih bimbang menentukan prinsipnya diantara orang- orang dewasa yang berbeda prinsip sehingga ia mudah dimanfaatkan. Karena itu dunia selatan harus segera menentukan prinsipnya dan berani bertindak agar tidak dieksploitasi oleh dunia lainnya.

    ReplyDelete
  10. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Pembagian dunia berdasarkan geografis dapt dibagi 4 yaitu, dunia timur, dunia barat, dunia selatan, dan dunia utara. Setiap belahan dunia memiliki karakter dan pandangan hidup yang berbeda-beda, dunia timur menganut prinsip bahwa nilai spiritual adalah segala-galanya dan agama adalah petunjuk utama dalam menjalani kehidupan, dunia barat lebih mengutamakan realistis daripada irasional, agama dipandang sebagai sesuatu yang absurd dang tak dapat dijelaskan secara logis sehingga teknologi lebih diutamakan, dunia utara hampir mirip dengan dunia barat yakni mengembangkan teknologi dan metodologi untuk mencapai kesejahteraan, dan dunia selatan belum memiliki prinsip yang jelas karena penuh dengan kembimbangan dan sulit menentukan mana cara yang terbaik.

    ReplyDelete
  11. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari elegi di atas diketahui bahwa masing-masing belahan dunia memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Penyelsaiannya pun tentu tidak akan sama antar satu dengan yang lainnya. Seoerti individu-individu di bumi ini, mereka memiliki karakter dan masalahnya masing-masing dan tidak dapat digeneralisasikan menjadi sesuatu yang sama.

    ReplyDelete
  12. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Selain masalah yang dihadapi sangat beragam antar dunia utara, dunia timur, dunia selatan, dan dunia barat, mereka juga mempunyai masing2 keunggulan yang dapat diambil ilmunya bagi setiap dunia. dengan mengambil berbagai karakter positif di belahan dunia lain bisa jadi menemukan untuk menyelesaikan maslaah yang dihadpi oleh suatu dunia,.

    ReplyDelete
  13. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Dunia ini bisa digolongkan menjadi 4 bagian, yaitu dunia timur, dunia barat, dunia selatan, dan dunia utara. Persoalan pokok ari setiap belahan dunia tersebut adalah bagaimana suatu bangsa dapat mempertahankan sifat dan karakteristik dunianya tanpa gangguan dari dunia di luar. Namun yang terlihat sangat bertolak belakang adalah dunia timur dan dunia barat. Bagi dunia timur, nilai spiritual adalah segala-galanya serta agama adalah petunjuk dalam menjalani kehidupan. Sedangkan dunia barat lebih mengutamakan realistis daripada dunia yang irasional, teknologi lebih utama daripada berserah diri.

    ReplyDelete
  14. Herwati Dian Saputri
    12313244004
    Pend. Matematika (Inter.)

    Dunia terbagi menjadi beberapa bagian; diantaranya dunia timur dan dunia barat. Dunia timur terkenal dengan sikap kesopanan dan lilai-nilai moralnya, sedangkan dunia barat trkenal dengan hedonsme, foya-foya dan konsumtif. Saat ini dunia timur sedang diserang oleh dunia barat melalui teknologi dan informasi. Sebut saja gadget. Gadget telah berhasil mengelabui dunia timur untuk meninggalkan budayanya sendiri, saling menyapa, saling silaturrahmi, bersikap sopan dll.

    ReplyDelete
  15. Herwati Dian Saputri
    12313244004
    Pend. Matematika (Inter.)

    Budaya barat telah membawa bangsa Indonesia kehilangan identitasnya. Bangsa Indonesia mulai kehilangan budayanya sendiri, yaitu budaya ketimuran yang menjunjung tinggi norma2 masyarakat. Kemajuan IPTEK telah menghantarkan Indonesia semakin terpuruk, bukannya semakin maju.

    ReplyDelete
  16. Herwati Dian Saputri
    12313244004
    Pend. Matematika (Inter.)

    Sebagai generasi muda, hal ini menjadi tanggung jawab yang besar. Jika bukan kita, siapa lagi? Generasi muda sebagai ujung tonggak kemajuan bangsa seharusnya mampu untuk melestarikan budaya timur dan bisa memfilter/memilah budaya barat yang semakin cepat masuk di Indonesia.

    ReplyDelete
  17. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Masing-masing dunia atau bangsa di bumi memiliki perannya masing-masing. Dapat dilihat juga dunia barat dan dunia utara lebih mendominasi dibandingkan dengan dunia timur dan selatan. Terlihat juga hal yang ingin dicapai dunia timur dan dunia barat sangatlah berbeda. Dunia timur hanya ingin mempertahankan sifat mereka tanpa ada gangguan dari luar, sedangkan dunia barat ingin menyebarkan, menulari sifat mereka ke seluruh dunia untuk menguasai dunia.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  18. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Sebenar-benar dunia ini adalah yang tercipta dari perbedaan-perbedaan. Adapun Dunia Timur, Barat, Utara, atau Selatan, itu semua hanya ikon. Namun pada dasarnya setiap-setiap daripada itu adalah berbeda satu dengan lannya, bai kelebihan maupun kekurangannya, termasuk permasalahan-permasalahannya. Sehingga marilah kita mengenal dunia kita masing-masing agar dapat kita mewujudkan dunia yang harmoni dalam perbedaan, dan tidak memakan satu sama lain.

    ReplyDelete
  19. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Dunia ini terbagi sesuai dengan karakter dari setiap bagiannya. Baik itu dunia barat,utara,timur dan selatan memilki karakternya masing-masing. Jadi dunia ini sebenarnya indah selama kita memandangnya sebagai sebuah kebersamaan dalam keberagaman bukan kebersamaan dalam keseragamanan.

    ReplyDelete
  20. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Dunia barat, timur, utara dan selatan ini mengungkapkan keadaan kehidupan kita sekarang ini. Keadaan negara kita digambarkan sebagai dunia timur yang telah menjelma menjadi dunia selatan. Idealnya kita sebagai Dunia Timur lebih mengedepankan nilai spiritual, tetapu karena pengaruh teknologi yang diciptakan oleh dunia barat dan utara menyebabkan kita berubah menjadi dunia selatan, yaitu dunia yang sedang mengalami kebingungan dan krisis multidimensi. Mulai dari pemimpin hingga rakyat kita sedang mengalami krisis. Teknologi canggih yang diciptakan oleh negara-negara lain telah memberikan dampak yang besar bagi kehidupan kita. Terlebih lagi bagi kehidupan spiritualitas kita dan budaya lokal yang seharusnya menjadi acuan hidup justru mengalami kemerosotan karena pengaruh budaya dari Dunia Barat dan Utara.

    ReplyDelete
  21. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Setiap dunia memiliki karakteristiknya masing-masing, seperti dunia timul dan barat. Dunia timur memiliki karakteristik kebersamaan, panutan, damai, penjelasan, keseimbangan, memberi, memegang erat tradisi dan ritual, mementingkan hati daripada pikiran. Mempertahankan nilai-nilai moral dan spiritual serta sifat dan karakteristik dunia dari gangguan dunia luar. Sedangkan dunia timur memiliki karakteristik mengutamakan pikiran daripada hati, mencari dan mencari sebagai lambang kebijaksanaan, mengembangkan teknologi, realistic serta menjelajah bagian dunia lain dengan dan menyebarkan pemahaman dan karakteristik yang mereka anut.

    ReplyDelete
  22. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Negara-negara dunia selatan merupakan negara-negara yang paling sering terdzholimi oleh negara-negara barat, timur maupun utara. Kekayaan negara mereka banyak habis terkuras oleh ketamakan dari negara barat, timur dan utara. Kebanyakan negara-negara yang berada di dunia selatan adalah negara-negara dari dunia ketiga dan negara berkembang, sehingga sangat mudah di bodoh-bodohi. Kebanyakan belum mampu mengelola sumber daya alamnya sendiri, sehingga untuk dapat mengelolanya selalu membutuhkan bantuan asing dan ujung-ujungnya mereka hanya dibodoh-bodohi saja. Oleh karena itu peningkatan SDM mutlak dilakukan oleh negara-negara dari dunia selatan.


    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  23. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Keberagaman yang ada di dunia akan begitu indah jika ada perasaan toleran dalam upaya membangun negeri dan bangsa masing-masing. Perbedaan antara dunia satu dan lain hendaknya janganlah dijadikan suatu alat untuk merongrong atau menggerogoti bangsa lain. Sebab di atas bangsa yang besar masih ada kekuatan yang lebih besar lagi. Seharusnya setiap bangsa menyadari bahwa keberagaman adalah cara Tuhan memperlihatkan bahwa perbedaan memang adalah bagian dari kehidupan.

    ReplyDelete
  24. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Dalam Dunia Barat, Timur, Utara dan Selatan memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Pemikiran para transenden dan produknya menjadi sorotan orang di seluruh dunia. Hal tersebut merupakan bukti keragaman manusia, semua memiliki kelebihan masing-masing, dan dapat belajar untuk saling mengisi tanpa harus menyakiti dan semua diciptakan untuk saling melengkapi, dan bekerjasama. Memang dunia barat lebih terlihat menonjol akan tetapi bukan berarti yang lain tidak memiliki kelebihan.

    ReplyDelete
  25. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Di empat belahan dunia terdapat perbedaan prinsip dalam memaknai hidup. Dari ke 4 nya pula memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dunia timur memiliki prinsip dalam hidup yaitu memberi, mempunyai rasa solidaritas yang tinggi, penuh dengan kebersamaan atau gotong royong, hati lebih utama dibanding pikiran, tetapi dunia timur gampang terpengaruh oleh dunia lain contoh sekarang secara bertahap dunia timur sedang mengikuti gaya hidup dunia barat, penuh dengan teknologi (teknologi memiliki kekurangan dan kelebihan tergantung bagaimana memaknai), gaya berpakaian, gaya bicara atau sopan santun sehingga kemungkinan bisa jadi karakter dunia timur akan menghilang sedikit demi sedikit. Ini disebabkan karena mitos lebih dominan dibanding logos. Peran serta semua lapisan masyarakat untuk menjaga kebudayaan leluhur, tatacara kehidupan, menjaga niai-nilai keimanan dan ketaqwaan, menelaah bagaimana kehidupan barat bisa seperti itu apakah mereka melandaskan hati dalam pelaksanaan kehidupan. Seyogyanya kita meniru kehidupan barat yang positif, misal kita meniru keilmuannya, bagaimana mereka mampu membuat roket yang hebat, bagaimana mereka melakukan sistem pertanian dengan baik

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  26. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Di dunia ini, seakan-akan kita terbagi menjadi empat penjuru. Dua penjuru yang lain sudah bisa 'akur' dan 'melebur' meski tidak selamanya mengingat sejarah Dunia Timur sendiri. Selalu akan ada kaum tersubmarginalkan. Atau lebih tepatnya disubmarginalkan. Siapa yang tahu. Kita memiliki sumber daya yang kaya, namun kita disubmarginalkan. Dunia Timur yang agak cocok dengan kita namun rusak diporakporandakan juga. Tak ada yang akan kita peroleh selain rasa sesal di kemudian hari karena tidak berlaku adil.bagi dunia Timur. Warning bagi dunia Selatan untuk secepatnya meningkatkan taraf inteligensi dan spiritual.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  27. NUR AZIZAH
    16709251017
    PMAT KELAS A PPS UNY 2016

    Setiap belahan dunia memiliki budayanya masing-masing. Awalnya dunia seperti terbelah dua timur dan barat. Masing-masing memiliki ciri yang berbeda satu dengan yang lainnya. Masing-masing memiliki falsafah hidup yang berbeda satu dengan yang lainnya. Nilai kebijakan tertinggi dunia timur adalah mampu memberi sesuatu kepada sesama. Sementara itu nilai tertinggi kebijakan dunia barat adalah mencari dan mencari. Awalnya kedua bagian itu hanya disebabkan oleh faktor geografis belaka. Akan tetapi seiring perkembangan jaman, perkembangan filsafat, dan mulai munculnya benih-benih powernow memunculkan dunia utara dan dunia selatan. Dunia utara adalah dunia dimana orang-orang di dalamnya senang mencari dan berusaha menguliti dunia hingga habis serta berusaha menciptakan tatanan dunia ideal yang diinginkan. Di dalamnya bergabung dunia barat. Sementara itu, dunia selatan sejatinya hanyau objek yang dikenai sifat-sifat dunia utara. Dunia selatan sejatinya adalah dunia timur yang dibujuk rayu agar bersedia diekploitasi dengan senang hati. Ini yang menyebabkan dunia selatan menjadi krisis identitas, politik, ekonomi, sosial dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  28. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Tidak dipungkiri dalam pembagian berdasarkan geografis atau letak wilayah terlihat ada dunia timur, dunia barat, dunia selatan, dan dunia utara yang saling memiliki blok kekuasaan. Jika dunia timur nilai spiritual adalah segala-galanya dan agama adalah petunjuk dalam menjalani kehidupan. Dunia barat lebih mengutamakan realistis daripada dunia yang irasional, teknologi lebih utama daripada berserah diri, mencari dan menggali lebih utama daripada diam tetapi mati, dunia utara lebih pada membangkan teknologi dan metodologi untuk dunia selatan memiliki sifat yang berbeda dari dunia timur, utara dan barat. Tapi menurut saya penggolongan itu merupakan bukti keragaman manusia, semua memiliki kelebihan masing-masing, dan dapat belajar untuk saling mengisi tanpa harus menyakiti dan semua diciptakan untuk saling melengkapi, dan bekerjasama.

    ReplyDelete
  29. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Elegi di atas menggambarkan hermenitika hidup orang barat, timur, utara, dan selatan. Indonesia dapat dikatakan berada pada transenden selatan. Masing-masing memiliki ciri khas, kelebihan dan kekurangan masingh-masing. Harus saling melengkapi dan menghormati agar tidak timbul perpecahan atu perselisihan. Saling bersatu untuk menuju tujuan dunia yang dapat mensejahterakan para anggotanya. Seharusnya perbedaan tidak menjadikan peperangan atau bahkan saling menguasai, justru perbedaan menjadikan semakin bersatu, melengkapi dan saling menghormati.

    ReplyDelete
  30. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Setiap bangsa mempunyai budaya dan tata nilai sendiri-sendiri. Nilai yang dianut oleh bangsa yang satu bisa berbeda dan bisa sama dengan nilai yang dianut oleh bangsa yang lain. Tidak sedikit pula nilai-nilai itu saling bertolak belakang dan bertentangan. Sikap yang bijaksana ketika berinteraksi dengan yang berbeda tata nilainya yaitu dengan tidak memaksakan kehendak dan saling menghormati. Sebagai bangsa timur yangmemegang nilai-nilai lihur ketimuran seyogyanya bisa mempertahankan nilai dan budaya dari proses degradasi nilai dan budaya dewasa ini. Sehingga setidaknya generasi yang akan datang masih memiliki jatidiri sebagai bangsa.

    ReplyDelete
  31. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Setiap daerah memiliki karakter masing-masing, maka tentu akan muncul banyak perbedaan, baik dunia barat, utara, timur dan selatan, pasti memiliki karakter yang berbeda satu dengan yang lainnya. Maka jika menyangkut kepentingan internasional, diperlukan forum diskusi yang bertujuan untuk menyatukan pendapat, dan menghasilkan pemikiran yang bersifat umum dan dapat diterima oleh semua anggota. Sehingga ketika sudah disepakati dapat dijadikan patokan dan untuk diperhatikan dalam kehidupan selanjutnya agar tercipta hubungan yang harmonis.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id