Sep 25, 2017

BAGONG TENAYA 11: Sepuluh Besar

Oleh: Marsigit UNY
19 Sept 2017



Bagong: Saya merasa senang dan bersyukur rama, UNY bisa menjadi universitas terbesar nomor 10 di Indonesia.

Semar: Lho itu bukan pencapaian biasa, tetapi luar biasa. Kita semua patut bersyukur untuk itu.

Gareng: Apa maknanya Ma?

Semar: Itu juga menunjukan kita leading di atas LPTK lainnya. Kita duduk jajar dengan universitas universitas besar lain seperti UGM, ITB, IPB, UNDIP, ITS, UÌ, dst.

Petruk: Apa resepnya kita bisa menjadi universitas terbesar no 10 di Indonesia, Ma?

Semar: Banyak faktornya. Sebetulnya saya punya feeling yang kuat UNY bisa meraih tempat seperti ini.

Bagong: Iya apa faktornya?

Semar: Faktornya antara lain sejarah lahirnya UNY dari IKIP, faktor kepemimpinan, keteladanan senior, good governance dan academical athmospher yang kondusif.

Petruk: Faktor sejarah?

Semar: Wider mandate dari IKIP menjadi universitas itu suatu langkah yang berani dan strategic. Saya bisa mengatakan seperti itu karena sekarang sudah terbukti.

Petruk: Kepemimpinan?

Semar: Kita bersyukur, karena sejak berdirinya IKIP Yogyakarta hingga Universitas Negeri Yogyakarta sampai sekarang, transisi kepemimpinan selalu berjalan mulus tidak ada kendala satu apapun.

Petruk: Good governance?

Semar: Kita juga patut bersyukur, selama ini sepanjang sejarahnya, universitas kita tidak pernah punya masalah perihal tata kelola administrasi, keuangan maupun akademik.

Gareng: Keteladanan senior?

Semar: Begini Reng, yang namanya teladan itu hakiki. Atmosphere kita itu atmosphere pendidik. Secara hakiki, seorang pendidik itu mempunyai karakter dan jiwa keteladanan yang baik. Ternyata keteladanan di UNY itu telah mengalir dan tersebar melalui para pemimpin, para Guru Besar, para dosen, dosen senior, dan mahasiswa mahasiswa senior. Para pendiri, para perintis, para rektor UNY beserta jajaran, para peraih medali, para scopusist,  patut menyandang pahlawan universitas.

Bagong: Athmosphere?

Semar: Ini yang tidak kalah pentingnya. Seperti kata Sri Paduka Paku Alam X, UNY seperti halnya Yogyakarta, mempunyai sifat cair sekaligus kenthal.

Bagong: Cair ?

Semar: UNY bersifat cair berarti UNY mempunyai sifat demokratis, terbuka, dialogis, konstruktif, positif thinking, pluralitas, multi ethnic, lentur dan adaptabel. Itu dibuktikan mahasiswa UNY itu meliputi semua propinsi di Indonesia.

Bagong: Kental?

Semar: Nah UNY yang cair kemudian terikat oleh visi : UNY yang unggul, kreatif dan inovatif berdasar cendekia, mandiri dan bernurani. Visi itu mengikat seluruh civitas UNY menjadi alat kejuangan yang solid, kental dan futuristik. Jadi kekentalan UNY itu adalah buah dari sifat cairnya. Hebat bukan? Kekentalan UNY terjalin oleh kerjasama yang baik antar komponen: mahasiswa, dosen, karyawan, dan pejabatnya.

Petruk: Kedepan kita harus bagaimana?

Semar: Kedepan kita tetap kuatkan perjuangan kita sesuai kemampuan masing masing. Jangan dikira? Tentu universitas universitas yang lain tidak tinggal diam. Melalui tridarma perguruan tinggi, mari kita pertahankan kedudukan sepuluh besar, syukur bisa meningkat. Sekarang ini sudah mulai tronthong tronthong jurnal internasional sudah mulai banyak dicapai.

Bagong: Kok dengaren rama Semar bicara panjang lebar dan bersemangat juga?

Semar: Ee ... saya dengan kamu semua sebentar lagi harus pulang Karang Kabulutan. Sudah cukup lama aku dengan kamu berdiam di balai kerajaan. Banyak pengalaman yang kita peroleh, setidaknya pengalaman itu ya yang aku ceritakan tadi. Saya minta maaf dan juga memintakan maaf kamu kamu semua atas segala kesalahan, kelancangan yang disengaja atau tidak. Semoga semua bandara, kerabat, handaitolan sudi kiranya memberikan maafnya. Aamiin. Adanya kita hanya harus selalu bersyukur dan bersyukur serta berdoa semoga UNY tetap barokah dan jaya di Indonesia. Aamiin.

PURNA

34 comments:

  1. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Saya tertarik untuk memberikan komentar terhadap academical atmosphere yang kondusif. Hal ini tentu saja dapat diterapkan di seluruh instansi pendidikan. Hal ini yang terkadang luput dari perhatian tenaga pendidik. Tidak hanya materi yang menarik, tetapi juga academical atmosphere yang kondusif. Atmosfir yang kondusif akan membuat siswa lebih enak untuk belajar.

    ReplyDelete
  2. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    UNY meraih 10 besar Universitas di Indonesia. Alhamdulillah, tidak lupa mengucapkan selamat kepada segenar civitas akademika yang merupakan salah satu penyelenggaraan proses di UNY. Dari beberapa faktor yang mempengaruhi saya menyorot ke keteladanan dan kenyamanan ( kondusif) dalam belajar. dari zaman sekaeang yang krisis akan keteladanan dan kepemimpinan terhadap orang lain namun Uny membarikan keteladanan yang baikterhadap yang lain, sehingga keteladanan itu menjadi contoh segenap civitas akademika dengan kepimpinan yang baik, selain itu kenyamanan belajar dan kekondusifan belajar di UNY adalah salah satu yang saya rasakan ketika menjadi sorang mahasiswa di Yogyakarta ini, dari mahasiswa sampai dengan dosem memberikan kenyamanan belajar dalam maupun luar kelas.

    ReplyDelete
  3. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    UNY raih 10 besar Universitas terbaik di Indonesia. Prestais ini tidak akan lepas dari uoaya seluruh elemen, baik dosen, tenaga pendidikan, dan mahasiswa harus bahu membahu, bersinergi dan bekerja sama dalam rangka mewujudkan visi misi UNY menjadi universitas kependidikan kelas dunia. Hal ini saya rasakan sewaktu menjadi mahasiswa, saya merasa terfasilitasi baik tenaga pengajar dan sarana prasarana yang di berikan. Selain itu, dalam kegiatan lomba, pasti pihak universitas memberi motivasi dan selalu mendampingi.

    ReplyDelete
  4. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018

    Bagaimanapun bias studi di kampus yang memiliki reting 10 besar adalah kebanggaan. tentu saja pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh stake holder UNY, internal eksternal. Semoga UNY selalu dalam kemajuan untuk melahirkan generasi terdidik dan berintegritas.

    ReplyDelete
  5. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Dalam menggapai prestasi memang tidak mudah. Perlu adanya usaha dan doa di dalamnya. Mempunyai peringkat 10 besar se-Indonesia memang suatu hal yang membanggakan. Namun prestasi ini juga di dukung dengan berbagai macam faktor seperti faktor sejarah, faktor kepemimpinan, faktor keteladanan senior, dan faktor yang lainnya. Dari masa ke masa, UNY tidak pernah bermasalah dengan pemimpin yang ada, dengan keuangan, dan para senior yang ada bisa memberikan contoh karakter dan keteladanan yang baik. semua hal yang baik di UNY tentu menjadi pertimbanga sendiri bagi orang lain untuk dapat menilai dan menempatkan UNY sebagai peringkat 10 besar di Indonesia.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  6. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Lingkungan memang sangat mempengaruhi hasil belajar seseorang. Dengan lingkungan pendidikan yang baik, maka harapannya hasil pencapaiannya pun juga semakin baik. Dengan pencapaian UNY yang berhasil masuk ke dalam 10 besar universitas terbaik di Indonesia, artinya UNY termasuk lembaga pendidikan yang kondusif bagi siapa saja yang hendak belajar di UNY.

    ReplyDelete
  7. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Suatu kebanggan tersendiri saya bisa mengenyam studi pendidikan di salah satu kampus terbaik di Indonesia yaitu Universitas Negeri Yogyakarta. Merupakan kenyataan yang tidak saya sangka dan rencanankan. Tentu banyak hal dan faktor yang terlibat dalam kemajuan UNY, semoga ke depannya UNY lebih baik lagi dari segi prestasi, fasilitas, kualitas dan kuantitas, dan lain-lain. Serta mampu menjadi kampus cendekia terbaik di Indonesia. Aamiin.

    ReplyDelete
  8. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    UNY merupakan kampus favorit bagi saya waktu dulu ingin kuliah S1, namun memang pada saat itu saya belum berkesempatan untuk menimba ilmu di kampus UNY. Namun Alhamdulillah saya diberikan kesempatan menyelesaikan pendidikan pascasarjana S2 saya di UNY. Tulisan ini tentu menambah kebanggan saya akan kampus UNY. Dan semoga kami para mahasiswa bisa menjadikan kampus ini semakin jaya.

    ReplyDelete

  9. Lumaurridlo
    18701261010
    S3-PEP 2018


    alkhamdulillah rasya syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. tentu ini merupakan buah dari kerja keras, kerja cerdas, dan kerja berkelanjutan dari seluruh lapisan civitas akademika. semoga prestasi ini semakin meningkat di masa yang akan datang. saya berdoa pula semoga para alumni UNY dapat pula mengimplementasikan upaya yang telah dilakukan UNY untuk mendapatkan prestasi serupa, semoga Allah meridoi. Amin

    ReplyDelete
  10. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT tentunya sangat patut dipanjatkan atas karunia yang telah diberikan, termasuk prestasi yang diraih UNY. Pencapaian ini tentunya buah dari proses panjang dan perjuangan yang tidak ringan, butuh komitmen dan sinergi semua elemen, kepemimpinan yang kuat dan visioner, SDM yang mumpuni (dosen, pegawai, mahasiswa), tata kelola yang baik, dan atmosfer yang kondusif.
    Capaian prestasi ini tentunya tidak cukup hanya dibanggakan sebab, seperti yang Prof. sampaikan, tapi hendaknya juga menjadi pemicu untuk bisa mencapai prestasi yang lebih baik lagi ke depannya. Apalagi persaingan akan semakin ketat dan PT lain pun tentunya akan terus meningkatkan kualitas dan prestasi mereka.
    Semangat untuk menjadi yang terbaik telah dituangkan dalam visi UNY dan untuk mencapai itu tentunya perlu komitmen dan upaya bersama mengimplementasikan “kerja ikhlas, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas”. Jayalah selalu UNY.
    Semoga Allah meridho’i do’a dan upaya kita dan kita semua selalu dalam keberkahan dan lindungan-Nya. Aamiin.
    Demikian dari saya. Mohon maaf dan terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  11. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PMD 2019

    UNY merupakan salah satu kampus yang terbaik di indonesia. kampus UNY termasuk 10 besar kampus terbaik, menuju itu tidaklah mudah sebab pasti semua elemen kampus itu sangat bekerja keras sehingga menjadikan kampu UNY menjadi salah satu yang terbaik. baru baru ini UNY mendapat pengakuan salah satu kampus yang di akui di internasional. makin banyak yang mengakui bahwa UNY itu yang terbaik

    ReplyDelete
  12. Hima Naili Hidayah
    19701251004
    PEP A S2 2019

    Alhamdulillah UNY menjadi peraih 10 besar universitas terkemuka di Indonesia. Hal tersebut tak bisa lepas dari kerja keras dan perjuangan semua elemen yang ada di dalamnya. Tetap bersyukur serta tak boleh terlena dan terbuai dengan perolehan yang telah di capai. Masih ada hari esok dan masa depan yang harus kita songsong. Kita warnai dan kita bawa UNY menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik di tingkat nasional maupun Internasional.
    Dan saya bersyukur dan bangga bisa menjadi bagian dari UNY.
    Terima kasih prof.

    ReplyDelete
  13. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Saya ikut merasa senang dan bangga dengan peringkat yang diperoleh UNY. Semua itu tidak lepas dari kerjasama yang baik antar dosen, karyawan, mahasiswa, dan pejabatnya. Semoga UNY tidak hanya berhenti di peringkat 10 besar tetapi bisa lebih dari itu. Aamiin
    Terimakasih

    ReplyDelete
  14. sintha fardu anggraeni
    197092510071
    S2 pendidikan matematika /D

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.
    Tulisan ini membuat saya merasa bangga dan terhormat bisa diterima menjadi mahasiswi pascasarjana di UNY. Semoga prestasi-prestasi yang sudah dicapai oleh pahlawan-pahlawan UNY seperti para Guru Besar, Dosen, Pegawai, Kakak Mahasiswa Senior dan seloruh civitas akademik maupun non akademik bisa menginspirasi kami untuk bisa turut berprestasi.

    ReplyDelete
  15. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Alhamdulillahirobil alamin, segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam yang telah menganugerahkan kepada kita atas nikmat-nikmatNya. Alhamdulillah pula atas torehan prestasi UNY yang semakin baik setiap perkembangan masanya. Mohon izin saya untuk menceritakan keinginan saya selepas menyelesaikan SMA di Jambi Sumatera, bahwa banyak teman-teman yang kemudian melanjutkan S1 nya ke Yogyakarta, hal itu saat itu hanya impian bagi saya, sejalannya waktu Alhamdulillah ternyata Allah memberikan hadiah dengan diterimanya saya sebagai mahasiswa S2 di UNY. Alhamdulillah bukti bahwa Tuhan tidak pernah melupakan janji untuk mengabulkan doa hambanya.
    Berkenaan dengan semakin majunya UNY karena berbagai faktor masa lalu dan yang diupayakan untuk masa yang akan datang. Sejarah lahirnya UNY dari IKIP Yogyakarta menjadikan pelajaran untuk terus diteladani sebagai keberhasilan usaha kerja keras pendiri UNY atau IKIP saat lalu, karena untuk besar perlu menghargai pendahulunya seperti apa yang dikatakan Ir. Soekarno, faktor kepemimpinan, keteladanan senior, good governance dan academical athmospher yang kondusif menjadi kunci. Bahwa kondusif disini berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan, dengan jujur, bersih, dan sesuai dengan SOP, dan adanya rasa saling menghargai.
    Jaya terus UNY ku menjadi world class university amiin. Terimakasih.

    ReplyDelete
  16. Hanifah Nabila Hendral
    S2 PEP A 19701251003

    Assalamualaikum..saya turut bangga menjadi mahasiswa UNY setelah membaca tulisan Prof, terimakasih prof..teruskan perjuangan..semoga UNY bisa menaikkan peringkatnya kedepannya..saya mendoakan yang terbaik bagi UNY..dan terimakasih uny karena melakukan segala upaya, bekerja keras menjadikan UNY menjadi Universitas terbaik

    ReplyDelete
  17. Syalom.
    Assalamualaikum.

    Meilan Lengkong/19701251011
    S2 PEP A - 2019
    Mungkin Artikel ini bisa menjadi jawaban saya ketika ada Teman, kerabat, sahabat, kenalan yang bertanya kepada saya Kenapa pilih UNY ?, kenapa harus di UNY ?. Memang UNY bukanlah nomor 1 dari deretan 10 Universitas itu. Tetapi memilih untuk menerima Pendidikan lanjut di tempat ini merupakan hal yang tidak semua orang bisa merasakannya. jika Pada tahun 2019 ini Puluhan ribu peminat yang mendaftarkan diri lewat berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru D4/S1/S2/S3, tidak semua bisa diterima. Dan bagi saya, menjadi 1 dari puluhan ribu yang mendaftar dan menjadi 1 dari ratusan mahasiswa yang diterima sebagai mahasiswa pascasarjana adalah Kebanggaan saya bersama Orang tua saya.
    TERIMA KASIH UNY sudah menerima saya ... Semoga ketika saya selesai mengenyam Pendidikan disini, saya bisa memberi teladan Bahwa Predikat sebagai Mahasiswa UNY, Patut diperhitungkan..

    UNY semoga semakin berkembang untuk menjadi Universitas terbaik.
    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  18. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Walaupun saya mahasiswa baru di UNY namun saya berpendapat UNY layak untuk mendapat peringkat 10 besar tersebut. Faktor – faktor yang disebutkan sebagai resep keberhasilan UNY seperti faktor sejarah, kepemimpinan, good governance, keteladanan senior, atmosphere. Dan saya merasakan betapa UNY sangat bekerja keras untuk meningkatkan dan mempertahankan reputasi ini. Sebagai bagian dari keluarga besar UNY saya merasa bersyukur berkesempatan menuntut ilmu di UNY. Harapan saya UNY akan selalu menjadi maju dan jaya agar mencapai cita – cita yang menjadi slogan UNY yaitu World class university. Amin.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    PEP S2 A 2019

    Universitas Negeri Yogyakarta memang pantas mendapat penghargaan sebagai 10 besar universitas terbaik di Indonesia. Menurut saya, faktor-faktor yang mempengaruhi penghargaan tersebut adalah pertahankan budaya dan etik jawa, pengetahuan yang disampaikan secara maksimal, kepemimpinan yang bertanggung jawab, semua stakeholder yang dapat bekerja sama dengan baik, dan sarana prasarana yang memadai. Namun pengahargaan ini perlu dipertahankan secara berlanjut dan ditingkatkan kembali. Sukses terus UNY, saya bangga menjadi bagian dari keluarga UNY.

    ReplyDelete
  20. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Bismillah, Universitas Negeri Yogyakarta sangat pantas jika mendapatkan penghargaan 10 besar universitas terbaik di Indonesia, bahkan UNY menargetkan mewujutkan LPTK meraih QS WUR (World University Rank). Dan saat ini UNY sudah menduduki 200 besar terbaik Asia Versi 4ICU 2019 dimana menduduki peringkat 45
    terus Jaya UNY

    ReplyDelete
  21. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Menjadi kampus dengan jajaran kampus terbaik di Indonesia, tentu saja UNY memiliki catatan sejarah yang cukup panjang. Catatan sejarah yang di dalamnya pasti memuat perencanaan, perumusan, penargetan yang terarah dan terukur sampai pada prestasi yang kini berhasil terukir. Seiring dengan kekuatan besar, maka akan ada tanggung jawab yang semakin besar pula. UNY menduduki jajaran barisan kampus terbaik, maka seluruh bagian UNY memiliki tanggung jawab untuk tetap mempertahankan yang sudah baik dan meningkatkan apa-apa yang perlu ditingkatkan. UNY tercinta... Taqwa, mandiri, cendekia...

    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  22. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C


    Tulisan ini menginformasikan bahwa UNY masuk ke dalam 10 besar Universitas terbesar di Indonesia. Alhamdulillah. Semoga dengan berkembangnya jaman, banyak perubahan besar yang sudah dilakukan civitas akademika uny menjadikan UNY menjadi universitas yang semakin unggul, inovatif dan kreatif. Semoga setiap apa-apa yang telah diusahakan membawa kebarokahan, baik bagi mahasiswa, dosen, alumni ataupun seluruh civitas akademika UNY. Masyaallah Tabarakallahu

    ReplyDelete
  23. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Universitas Negeri Yogyakarta masuk dalam 10 besar meupakan capaian yang luar biasa, sebagai salah satu bagian dari Universitas Negeri Yogyakarta saya merasa bangga. Banyak hal yang menjadi faktor dalam pencapaian Uiversitas Negeri Yogyakarta untuk masuk dalam 10 besar. Dijelaskan bahwa faktornya yaitu faktor kepemimpinan, keteladanan senior, good governance, dan academical athmosper yang kondusif. Dengan adanya academical athmosper yang kondusif mampu menciptakan iklim yang baik bagi kegiatan akademik, interaksi antara dosen dan mahasiswa, antara sesama mahasiswa, maupun antara sesama dosen untuk mendorong perilaku kecendekiaan dalam proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Berbicara tentang atmosfir pendidikan yang kondusif adalah sesuatu yang harus selalu kita jaga.

    ReplyDelete
  24. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Saya bersyukur sekaligus bangga bahwa UNY bisa menjadi salah satu 10 universitas terbesar di Indonesia. UNY berarti tidak kalah dengan Universitas Universitas bergengsi lainnya. Semua ini berkat kerja keras dari semua orang yang berperan dalam memajukan UNY. Untuk itu kita harus tetap bekerja keras dan bekerja sama untuk mempertahankan bahkan meningkatkan UNY menjadi salah satu bagian tetap dari Universitas terbaik di Indonesia. Terima kasih.

    ReplyDelete
  25. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    UNY bisa menjadi salah satu dari 10 Universtas terbesar di Indonesia merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa dan tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi saya bisa menjadi bagian dari UNY. Semakin berjalannya waktu semakin besar pula tantangan untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas pendidikan di UNY. Karena itu lah, kita sebagai mahasiswa juga harus ikut serta dalam menjaga nama baik UNY dan juga meningkatkan kualitas UNY agar menjadi lebih baik ke depannya.

    ReplyDelete
  26. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dari dialog-dialog dalam BAGONG TENAYA 11: Sepuluh Besar, saya sangat bangga karena telah menjadi salah satu dari ribuan mahasiswa UNY. Tentunya kerjasama semua stake holder dan seluruh civitas UNY sangat berpengaruh dalam pencapaian yang luar biasa ini.Saya sangat apreciate atas kualitas pendidikan UNY, karena sebagai mahasiswa saya merasakan sendiri bahwa kualitas UNY bisa diadu dengan universitas-universitas terkemuka lainnya. Dengan adanya pembenahan yang terus menerus serta meningkatkan daya saing baik mahasiswa, dosen maupun alumni, saya harap UNY bisa melaju ke TOP 5 Universities in Indonesia, atau bahkan dapat bersaing dengan universitas-universitas di kancah International.

    ReplyDelete
  27. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Setelah membaca percakapan diatas, saya teringat akan pertanyaan salah satu dosen UNY yaitu "mengapa biaya kuliah di universitas yang bagus itu mahal?". Kami para mahasiswa menjawab karena sarana dan prasarana, dan beberapa faktor pendukung yang dimiliki oleh universitas tersebut. Namun, beliau mengatakan bahwa salah satu faktor yang membuat biayanya mahal adalah karena atmosfirnya. Biaya untuk mendapatkan atmosfirnya yang mahal. Seperti halnya UNY yang memberikan atmosfir yang baik agar memotivasi mahasiswanya. Atmosfir inilah yang sangat memukau saya ketika saya mulai belajar di UNY. Semoga atmosfir yang saya rasakan di UNY dapat mendorong saya untuk lebih giat belajar.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  28. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Alhamdulillah, saya turut bangga menjadi salah satu bagian dari mahasiswi UNY. Universitas yang dari dulu saya impikan, Dan tentunya saya juga sangat berharap bahwa UNY semakin baik dan melahirkan civitas civitas yang unggul kreatif dan Inovatif.

    ReplyDelete
  29. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    UNY saat ini merupakan sepuluh besar universitas terbaik di Indonesia. Untuk mendapatkan peringkat yang tinggi tersebut tentuya tidak didapatkan dengan instan. Perlu adanya kerjasama dari semua pihak untuk dapat mencapainya. Hal tersebut juga didukung oleh tetap dijaganya faktor kepemimpinan, keteladanan, good governance, serta academical atmospher yang kondusif. Peringkat ini tentunya membuat semua civitas akademika UNY merasa bangga atas pencapaiannya. Namun, yang menjadi tantangan selanjutnya adalah bagaimana mempertahankan peringkat tersebut maupun meningkatkannya, melalui perbaikan-perbaikan yang terus diupayakan.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  30. Achmad Rante Suparman
    19701261010
    PEP S3 2019

    UNY masuk 10 besar adalah hal yang perlu di syukuri bersama oleh seluruh civitas akademika UNY, ini berarti input, proses, output dan outcome di UNY sangat baik.
    1. Input berarti aspek sumberdaya manusia sangat bagus
    2. Proses berarti aspek kelembagaan dengan indikator akreditasi institusi BAN PT, akreditasi program studi BAN PT, akreditasi internasional, dan jumlah mahasiswa asing sangat bagus
    3. Output berarti apek kemahasiswaan sangat bagus
    4. outcome berarti aspek penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sangat bagus

    semoga ini menjadi motivasi dan kedepan semakin berjaya

    ReplyDelete
  31. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Universitas Negeri Yogyakarta sangat pantas jika mendapatkan penghargaan 10 besar universitas terbaik di Indonesia, bahkan UNY menargetkan mewujutkan LPTK meraih QS WUR (World University Rank). Dan saat ini UNY sudah menduduki 200 besar terbaik Asia Versi 4ICU 2019 dimana menduduki peringkat 45
    terus Jaya UNY

    ReplyDelete
  32. Makna cair dan kental tersebut sangat mendalam. Hal ini yang mendukung UNY untuk segera menuju keberhasilan yang diharapkan. Di akhir tulisan, dinyatakan publikasi internasional yang mulai meningkat. Oleh karenanya, peningkatan ini penting untuk dipertahankan dan ditingkatkan lagi ke depan menuju UNY sebagai universitas kependidikan kelas dunia. Jaya dan maju terus UNY!

    Ikhsanudin (PEP-S3/19701261001)

    ReplyDelete
  33. Muh. Asriadi AM
    19701251008
    S2 PEP A 2019
    Sebagai mahasiswa di UNY sangat merasa bangga dan senang kan pretasi tersebut. Namun harus diketahui menggapai peringkat lebih mudah dari pada mempertahankan. Dalam mempertahankan pringkat diperlukan kerja keras untuk istiqomah memberikan kebaikan dan prestasi. Jangan sampai prestasi membuat kita lalai dan bersantai.

    ReplyDelete
  34. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete