Sep 25, 2017

*ATURAN*



Oleh: Marsigit, UNY


*Limbuk*: Sebenarnya, yang disebut _aturan_ itu apa?

*Cangik*: Hanya ada 2 macam aturan, yaitu: _identitas_ dan _kontradiksi_.

*Limbuk*: Maksudnya?

*Cangik*: _Identitas_ adalah _tepat sama_. Identitas itu ada di langit, turun hanya sampai hati dan pikiran manusia. Tiadalah ada yang bisa _tepat sama_ dengan dirinya sendiri kecuali Tuhan. Atau bisa engkau tepat sama dengan dirimu sendiri, tetapi hanya dimisalkan dipikiran.

*Limbuk*: Sama dengan diri sendiri?

*Cangik*: Kenyataannya, engkau tidak akan pernah sama dengan dirimu sendiri. Belum selesai engkau menunjuk dirimu sendiri, dirimu sudah berubah dari tadi menjadi sekarang. Itulah yang namanya _kontradiksi_. Jadi _kontradiksi_ itu domisilinya ada di _kenyataan_. Karena tidak ada kenyataan sama dengan diri sendiri. Maka sebenar benar kenyataan hidupmu adalah kontradiksi.

*Limbuk*: Gunanya?

*Cangik*: _Aturan Identitas_ turun dari langit ke bumi, dari atas ke bawah, dari pikiran ke kenyataan. Ada 2 _aturan identitas_ yaitu _aturan identitas absolut_yaitu milik Tuhan; dan _aturan identitas relatif_, yaitu pikiran manusia misalnya _tautologi_.
Maka _aturan identitas_ adalah pedoman hidup manusia. Semua perintah Tuhan adalah _aturan identitas absolut_. Semua rumus matematika adalah _aturan identitas relatif_. Semua resep makanan adalah _aturan identitas relatif_. Jika _aturan identitas absolut_ itu: konsisten, tidak berubah ubah dan abadi. Maka _aturan identitas relatif_ , penerapannya sesuai kondisinya.

*Limbuk*: _Aturan kontradiksi_ ?

*Cangik*: _Aturan kontradiksi_ itu ada di bumi, ada di kenyataan. Semua kenyataan bersifat _kontradiktif filsafat_, tetapi bukan _kontradiktif matematika_. Karena matematika tidak boleh kontradiktif. Semua kenyataan itu _kontradiktif bagi manusia_ tetapi tidak bagi Tuhan pencipta Alam. Mengapa? Karena _manusia itu sempurna dalam ketidaksempurnaan, tidak sempurna dalam kesempurnaan_.

*Limbuk*: Masih bingung, kontradiktif?

*Cangik*: Semua kenyataan itu terikat oleh _ruang_ dan _waktu_, bagi manusia. Semua waktu itu berjalan, sebab jika tidak, maka kiamatlah dunia itu. Setiap perjalanan waktu, membawa ruangnya masing masing. Tiadalah di dunia ini ada dua ruang yang tepat sama, jika ada itu hanya diandaikan atau diidealkan saja. Semua fenomena berjalan seiring dengan perjalanan waktunya, yang terikat pada ruangnya yang berbeda. Maka tiadalah ada dua kenyataan yang tepat sama di dunia ini. Itulah aturan kontradiksi.

*Limbuk*: Iya, manfaatnya?

*Cangik*: Semua kenyataan itu adalah bayangan dari langit, bayangan dari aturan absolut Tuhan, bayangan dari aturan identitas absolut. Kenyataan juga bayangan dari aturan identitas relatif manusia. Ada 2 tempat aturan identitas relatif manusia yaitu di _hati_ dan _pikiran_. Dalil Pythagoras itu adalah aturan identitas relatif manusia ada didalam pikiran, maka dia berlaku dulu, sekarang dan yad, dan dimana saja. Doa doa yang kita ucapkan adalah bayangan dari aturan identitas absolut Tuhan.

END

20 comments:

  1. Restu Widhi Laksana
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251022
    Bismillahirrokhmanirrokhim
    Tentang kontradiktif ini pertama saya temui konsepnya dalam sebuah novel tentang kehidupan masyarakat jepang dalam masa pemerintahan Shogun. Dalam novel tersebut ada sebuah frase dalam bahasa jepang "Ichi Go Ichi E" yang biasanya disematkan di ruang acara minum teh. Arti nya adalah Satu kali untuk Satu. Maknanya adalah bahwa sebuah momen minum teh hanya ada satu kali saja dan walau diulang semirip mungkin, momen yang telah berlalu tidak akan pernah sama dengan momen setelahnya. Hal ini sangat mirip dengan aturan kontradiktif bahwa sesuatu tidak pernah sama dengan sesuatu tersebut karena semua yang ada di dunia ini terikat dan mengalir dengan konsep ruang dan waktu.
    Hanya Allah sebagai awal dan akhir saja yang tidak terikat oleh ruang dan waktu sehingga bisa sama dengan diri Nya.

    ReplyDelete
  2. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Aturan identitas absolut tidak terbantahkan, seseorang wajib menerima dan menjalankan.. Lain dengan aturan identitas relatif, penerapannya mengikuti kondisi tertentu. Jika seseorang mengalami kondisi "motivated reasoning" maka apa pun aturan yang tidak mengenakan atau pendapat orang lain yang dianggap musuh akan nampak salah di pikiran "rasional". Itulah hebatnya otak manusia, selalu bisa menemukan alasan rasional kenapa aturan itu salah, dan saya benar. "Untuk memiliki good judgment (penilaian yang jernih), khususnya untuk identitas relatif, kita tidak terlalu membutuhkan kepintaran atau analisa yang canggih, tapi kita lebih membutuhkan kedewasaan psikologis dan pengelolaan emosi yang baik"

    ReplyDelete
  3. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Maaf prof, saya ingin menanyakan mengenai kalimat sempurna dalam ketidaksempurnaan dan tidak sempurna dalam kesempurnaan. Apakah itu artinya kesempurnaan manusia adalah sesuatu yang relatif? Terima kasih, prof.

    ReplyDelete
  4. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan mengenai Aturan, bahwa Setelah sebuah aturan telah dibuat, maka siapapun tidak boleh melanggarnya. Karena sudah dibuat aturannya, dan sudah disepakati bersama-sama. Contohnya seperti, misalkan dalam suatu kelas terdapat murid dan guru dan pada saat itu murid dan guru sepakat untuk membuat aturan bahwa siapa yang terlambat lebih dari 10 menit harus dihukum, kesepakatan tersebut telah disetujui oleh guru dan murid yang ada dalam kelas tersebut, maka semua murid dan guru yang mengajar dalam kelas itu tidak boleh terlambat lebih dari 10 menit, jika guru ataupun muridnya ada yang terlambat atau adda yang melanggar aturan yang telah disepakati maka mereka akan mendapat hukuman sesuai yang telah ditentukan.

    ReplyDelete
  5. Muhammad Nurfauzan
    14301241015
    S1 Pendidikan Matematika

    Pada dasarnya hidup itu adalah sebuah kesepakatan. Seperti yg kita ketahui aturan juga lah sebuah hasil dari kesepakatan. Misal, pada dasarnya Narkoba boleh dikonsumsi karena tidak ada hukumnya (‘Al-Ashlu alal asya’i al-ibahah’ artinya asal hukum atas benda adalah boleh) Lalu turunlah hukum bahwa Narkoba di tidak boleh disalahgunakan. Kenapa tidak boleh? Ya karena telah ditinjau bahwa banyak kerugian. Dari situ para pemangku aturan sepakat membuat sebuah aturan narkoba ditidakbolehkan . "Hidup adalah kesepakatan, dan juga aturan, aturan tanpa kesepakatan itu hanyalah imaji"

    Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018
    Senang sekali saya membaca tulisan ini. Tentang relativitas kebenaran. Kebenaran di dunia itu tidak ada yang mutlak. Tuhan maha benar, sebaliknya makhluknya maha relative. Jadi hanya Tuhan yang kebenarannya pasti. Semua yang ada di dunia ini hanya bayangan kebenaran, tapi bukan kebenaran itu sendiri. Jadi setiap orang yang memutlakkan kebenarannya, sesungguhnya dia telah mengambil posisi Tuhan, dan itulah kekafiran yang hakiki.

    ReplyDelete
  7. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Aturan berguna untuk membatasi apa yang kita lakukan. Pada dasarnya aturan ada karena adanya sebuah ketidaksesuaian dan menginginkan adanya kesesuaian sehingga bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan. aturan yang satu dengan yang lainnya bisa berbeda tergantung dengan konteks yang ada. Adanya aturan diharapkan dapat menciptakan sebuah kebaikan bukan malah sebaliknya aturan untuk dilanggar. Hidup bisa lebih baik jika sesuai dengan aturannya. Jika kita mengerjakan soal matematika harus dapat memperhatikan aturan yang ada tidak bisa mengabaikannya begitu saja. karena jika aturan tersebut dilanggar biasanya akan menimbulkan ketidaksesuaian dan bisa menimbulkan kesalahan dalam menjawab soal-soal tersebut.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  8. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    kata aturan. aturan dibuat untuk ketertiban bisa juga untuk acuan. seperti dalam Perda (Peraturan Daerah) di buat maka untuk acuan pembuatan Perbup (Peraturan Bupati) karena dalam penjabaran sebuah Perda tidak bisa mendetail seperti yang tertuang dalam Perbup. ini dalam hal Produk hukum aturan untuk acuan.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  9. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Assalamualaikum wr.wb.
    aturan Identitas yaitu aturan dari langit kebumi atau aturan dari Tuhan sebagai pedoman hidup manusia aturan dari tuhan sewajarnya tidak bisa diubah sebagimana aturan yang dibuat oleh manusi. aturan identitas bisa sebagi pedoman yang selalu kita pegang sebagai manusia yang beragama.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  10. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Segala yang ada di dunia dan di akhirat sudah diatur oleh yang kuasa Allah Ta’ala. Kita hidup dan dapat merasakan kehidupan itu karena aturan yang telah ditetapkan sesuai jalurnya itulah disebut aturan identitas. Sedangkan kehidupan yang diatur berdasarkan perkembangan zamannya itulah aturan kontradiktif. Terlepas dari aturan identitas dan kontradiktif, maka sebenar-benarnya aturan adalah mereka yang patuh dan mentaatinya.

    ReplyDelete
  11. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidika Matematika B 2018

    Persepsi kebanyakan orang menganggap bahwasanya aturan yang dibentuk untuk dilanggar, padahal aturan tersebut merupakan bentuk daripada kedisiplinan kita dalam berkehidupan. Ketika ada aturan yang berlaku maka kita tidak boleh semenah-menah untuk berbuat semaunya kecuali hal tersebut tidak diatur dalam peraturan yang ada. Dan juga aturan ketika dilanggar maka tidak ada tawaran baginya atas pelanggaran yang dibuat melainkan menerima sanksi sesuai dengan peraturan tersebut. Aturan tetaplah aturan tanpa ada tawar menawar di dalamnya.

    ReplyDelete
  12. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Anak sekolah harus mematuhi tata tertib sekolah termasuk aturan dalam berseragam. Nah, aturan ini wajib dilakukan anak sekolah karena memang anak tersebut datang ke sekolah dan membutuhkan Ilmun untuk lebih berkembang,s ehingga mereka harus menaati peraturan yang diterapkan oleh sekolah. Begitu juga dengan aturan-aturan lainnya dalam kehidupan manusia yang memang semua dasarnya mempunyai aturan, bila dilanggar pun akan memebuat dirinya sendiri rugi. Sehingga, sebenar-benarnya aturan ada untuk dipatuhi dan dipahami sebab adanya aturan.

    ReplyDelete
  13. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Bila ada suatu kegiatan yang dilakukan maka akan otomatis tercipta suatu aturan yang memberikan batasan agar kegiatan tersebut tidak melenceng dari tujuan awal dibentuknya kegiatan tersebut. Bukan tidak mungkin kebanyakan orang akan mengabaikan aturan tersebut dan membuat aturannya sendiri. Bisa dikatakan orang tersebut membuat batasan bagi dirinya sendiri saat melakukan sesuatu dan menentukan goalnya sendiri.

    ReplyDelete
  14. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Aturan merupakan sebuah ketentuan yang sudah ditetapkan dan bersifat mutlak. Aturan hadir untuk memberikan batasan kepada suatu hal tertentu. aturan itu mengatur untuk suatu tujuan tertentu. namun adakalanya aturan dapat berubah sesuai konteksnya dan disepakati. Kecuali aturan mutlak Tuhan yang maha kuasa mutlak tidak dapat rubah kecuali Tuhan menghendaki.

    ReplyDelete
  15. Lukman
    18701264003
    S3 PEP 2018

    -----------
    _Identitas_ adalah _tepat sama_. Identitas itu ada di langit, turun hanya sampai hati dan pikiran manusia. Tiadalah ada yang bisa _tepat sama_ dengan dirinya sendiri kecuali Tuhan. Atau bisa engkau tepat sama dengan dirimu sendiri, tetapi hanya dimisalkan dipikiran.
    -----

    Saya sangat sepakat dengan pendapat panjenengan di atas. Hal ini membawa pikiran saya untuk meng-kritik thd Item Respon Butir yang secara matematis selalu menghasilkan 1 apabila dikorelasikan dengan dirinya sendiri...Bagaimanakah hal ini diterangkan...atau cukupkah penjelasan aturan bahwa pendekatan itu membawa keterbatasannya masing-masing...ah begitulah...tidak ada yang tak tebatas...kecuali Allah SWT.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Dalam setiap aspek kehidupan pasti memiliki aturan-aturan. Karena dengan adanya suatu aturan hidup akan lebih terstruktur dan terencana. Aturan juga dimaksudkan untuk menjadi pembatas bagi sesuatu agar tetap pada ranahnya sesuai ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  17. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Terdapat dua aturan dalam hidup yaitu identitas dan kontradiksi. Dari cakupan aturan identitas itu sendiri ada dua yaitu identitas absolut dan identitas relatif. Dalam relatif absolut terletak pada pikiran manusia. Sedangkan identitas pada absolut terletak pada bayangan dari pikiran manusia yang menggambarkan keabsolutan. Dalam aturan kontradiksi terletak pada kenyataan hidup yang berlogika. Berlogika agar bisa menjadi manusia yang mampu menaati aturan kontradiksi. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  18. Muhammad Nurfauzan
    14301241015
    S1 pendidikan matematika

    Pada dasarnya aturan adalah buah dari kebebasan. Sangat unik memang jika anyak yang diketahui bahwa aturan itu suatu ketidakbebasan. Namun asalmuasal aturan adalah buah dari kebebasan. Yaitu Kebebasan untuk membuat aturan. Aturnan diatas yang bahas adalah identtas dan kontadiktif. Jika di Identitas kita sudah paham jika diri kita bukanlah kita. Argumen tersebut diperkuat dengan perbedaan waktu, perbedaan opikir, dan perbedaan ruang. Kita sekarang beda dengan kita waktu di SMA. Bagaimana dengan aturn kontradiktif? ya menurut saya, saya setuju dengan bahwa didalam matematika tidak menerima kontradiktif. Sedangkan difilsafat kita sring enemukan kontradiksi apalagi tentang kenyataan kita dan keinginan kita.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  19. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Aturan merupakan ketentuan yang sudah ditetapkan yang bertujuan untuk menjaga ketertiban dan sopan santun dalam perbuatan atau tindakan. Dunia ini memiliki aturan bumi dan langit. Setiap manusia memiliki aturan dalam menjalani hidupnya, aturan tersebut dapat berupa agama dan aturan yang lain. Allah SWT sang Pencipta Alam Semesta yang mengatur bumi dan langit beserta isinya telah memberikan berupa pedoman hidup yang memuat aturan hidup yaitu dalam Agama Islam adalah Al-Quran.

    ReplyDelete
  20. HAnif Cahyo adi Kistoro
    S3 PEP / 18701264004

    kenapa ada aturan? karena untuk kebersamaan. salah satu ciri manusia adalah mencari sesuatu yang dinginkan sesuai seleranya. ketika mencari ini kadang tidak memikirkan efek buat orang yang lain. bisa efek buruk yang muncul. untuk mengarahkan ke hal yang lebih baik perlu dibuat aturan untuk semua, ketika ada yang salah bisa dibetulkan, ketika ada belum tahu perlu di informasikan. aturan dibuat untuk membatasi, tetapi mengarahkan manusia

    ReplyDelete