Sep 25, 2017

*ATURAN*



Oleh: Marsigit, UNY


*Limbuk*: Sebenarnya, yang disebut _aturan_ itu apa?

*Cangik*: Hanya ada 2 macam aturan, yaitu: _identitas_ dan _kontradiksi_.

*Limbuk*: Maksudnya?

*Cangik*: _Identitas_ adalah _tepat sama_. Identitas itu ada di langit, turun hanya sampai hati dan pikiran manusia. Tiadalah ada yang bisa _tepat sama_ dengan dirinya sendiri kecuali Tuhan. Atau bisa engkau tepat sama dengan dirimu sendiri, tetapi hanya dimisalkan dipikiran.

*Limbuk*: Sama dengan diri sendiri?

*Cangik*: Kenyataannya, engkau tidak akan pernah sama dengan dirimu sendiri. Belum selesai engkau menunjuk dirimu sendiri, dirimu sudah berubah dari tadi menjadi sekarang. Itulah yang namanya _kontradiksi_. Jadi _kontradiksi_ itu domisilinya ada di _kenyataan_. Karena tidak ada kenyataan sama dengan diri sendiri. Maka sebenar benar kenyataan hidupmu adalah kontradiksi.

*Limbuk*: Gunanya?

*Cangik*: _Aturan Identitas_ turun dari langit ke bumi, dari atas ke bawah, dari pikiran ke kenyataan. Ada 2 _aturan identitas_ yaitu _aturan identitas absolut_yaitu milik Tuhan; dan _aturan identitas relatif_, yaitu pikiran manusia misalnya _tautologi_.
Maka _aturan identitas_ adalah pedoman hidup manusia. Semua perintah Tuhan adalah _aturan identitas absolut_. Semua rumus matematika adalah _aturan identitas relatif_. Semua resep makanan adalah _aturan identitas relatif_. Jika _aturan identitas absolut_ itu: konsisten, tidak berubah ubah dan abadi. Maka _aturan identitas relatif_ , penerapannya sesuai kondisinya.

*Limbuk*: _Aturan kontradiksi_ ?

*Cangik*: _Aturan kontradiksi_ itu ada di bumi, ada di kenyataan. Semua kenyataan bersifat _kontradiktif filsafat_, tetapi bukan _kontradiktif matematika_. Karena matematika tidak boleh kontradiktif. Semua kenyataan itu _kontradiktif bagi manusia_ tetapi tidak bagi Tuhan pencipta Alam. Mengapa? Karena _manusia itu sempurna dalam ketidaksempurnaan, tidak sempurna dalam kesempurnaan_.

*Limbuk*: Masih bingung, kontradiktif?

*Cangik*: Semua kenyataan itu terikat oleh _ruang_ dan _waktu_, bagi manusia. Semua waktu itu berjalan, sebab jika tidak, maka kiamatlah dunia itu. Setiap perjalanan waktu, membawa ruangnya masing masing. Tiadalah di dunia ini ada dua ruang yang tepat sama, jika ada itu hanya diandaikan atau diidealkan saja. Semua fenomena berjalan seiring dengan perjalanan waktunya, yang terikat pada ruangnya yang berbeda. Maka tiadalah ada dua kenyataan yang tepat sama di dunia ini. Itulah aturan kontradiksi.

*Limbuk*: Iya, manfaatnya?

*Cangik*: Semua kenyataan itu adalah bayangan dari langit, bayangan dari aturan absolut Tuhan, bayangan dari aturan identitas absolut. Kenyataan juga bayangan dari aturan identitas relatif manusia. Ada 2 tempat aturan identitas relatif manusia yaitu di _hati_ dan _pikiran_. Dalil Pythagoras itu adalah aturan identitas relatif manusia ada didalam pikiran, maka dia berlaku dulu, sekarang dan yad, dan dimana saja. Doa doa yang kita ucapkan adalah bayangan dari aturan identitas absolut Tuhan.

END

64 comments:

  1. Restu Widhi Laksana
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251022
    Bismillahirrokhmanirrokhim
    Tentang kontradiktif ini pertama saya temui konsepnya dalam sebuah novel tentang kehidupan masyarakat jepang dalam masa pemerintahan Shogun. Dalam novel tersebut ada sebuah frase dalam bahasa jepang "Ichi Go Ichi E" yang biasanya disematkan di ruang acara minum teh. Arti nya adalah Satu kali untuk Satu. Maknanya adalah bahwa sebuah momen minum teh hanya ada satu kali saja dan walau diulang semirip mungkin, momen yang telah berlalu tidak akan pernah sama dengan momen setelahnya. Hal ini sangat mirip dengan aturan kontradiktif bahwa sesuatu tidak pernah sama dengan sesuatu tersebut karena semua yang ada di dunia ini terikat dan mengalir dengan konsep ruang dan waktu.
    Hanya Allah sebagai awal dan akhir saja yang tidak terikat oleh ruang dan waktu sehingga bisa sama dengan diri Nya.

    ReplyDelete
  2. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Aturan identitas absolut tidak terbantahkan, seseorang wajib menerima dan menjalankan.. Lain dengan aturan identitas relatif, penerapannya mengikuti kondisi tertentu. Jika seseorang mengalami kondisi "motivated reasoning" maka apa pun aturan yang tidak mengenakan atau pendapat orang lain yang dianggap musuh akan nampak salah di pikiran "rasional". Itulah hebatnya otak manusia, selalu bisa menemukan alasan rasional kenapa aturan itu salah, dan saya benar. "Untuk memiliki good judgment (penilaian yang jernih), khususnya untuk identitas relatif, kita tidak terlalu membutuhkan kepintaran atau analisa yang canggih, tapi kita lebih membutuhkan kedewasaan psikologis dan pengelolaan emosi yang baik"

    ReplyDelete
  3. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Maaf prof, saya ingin menanyakan mengenai kalimat sempurna dalam ketidaksempurnaan dan tidak sempurna dalam kesempurnaan. Apakah itu artinya kesempurnaan manusia adalah sesuatu yang relatif? Terima kasih, prof.

    ReplyDelete
  4. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan mengenai Aturan, bahwa Setelah sebuah aturan telah dibuat, maka siapapun tidak boleh melanggarnya. Karena sudah dibuat aturannya, dan sudah disepakati bersama-sama. Contohnya seperti, misalkan dalam suatu kelas terdapat murid dan guru dan pada saat itu murid dan guru sepakat untuk membuat aturan bahwa siapa yang terlambat lebih dari 10 menit harus dihukum, kesepakatan tersebut telah disetujui oleh guru dan murid yang ada dalam kelas tersebut, maka semua murid dan guru yang mengajar dalam kelas itu tidak boleh terlambat lebih dari 10 menit, jika guru ataupun muridnya ada yang terlambat atau adda yang melanggar aturan yang telah disepakati maka mereka akan mendapat hukuman sesuai yang telah ditentukan.

    ReplyDelete
  5. Muhammad Nurfauzan
    14301241015
    S1 Pendidikan Matematika

    Pada dasarnya hidup itu adalah sebuah kesepakatan. Seperti yg kita ketahui aturan juga lah sebuah hasil dari kesepakatan. Misal, pada dasarnya Narkoba boleh dikonsumsi karena tidak ada hukumnya (‘Al-Ashlu alal asya’i al-ibahah’ artinya asal hukum atas benda adalah boleh) Lalu turunlah hukum bahwa Narkoba di tidak boleh disalahgunakan. Kenapa tidak boleh? Ya karena telah ditinjau bahwa banyak kerugian. Dari situ para pemangku aturan sepakat membuat sebuah aturan narkoba ditidakbolehkan . "Hidup adalah kesepakatan, dan juga aturan, aturan tanpa kesepakatan itu hanyalah imaji"

    Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018
    Senang sekali saya membaca tulisan ini. Tentang relativitas kebenaran. Kebenaran di dunia itu tidak ada yang mutlak. Tuhan maha benar, sebaliknya makhluknya maha relative. Jadi hanya Tuhan yang kebenarannya pasti. Semua yang ada di dunia ini hanya bayangan kebenaran, tapi bukan kebenaran itu sendiri. Jadi setiap orang yang memutlakkan kebenarannya, sesungguhnya dia telah mengambil posisi Tuhan, dan itulah kekafiran yang hakiki.

    ReplyDelete
  7. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Aturan berguna untuk membatasi apa yang kita lakukan. Pada dasarnya aturan ada karena adanya sebuah ketidaksesuaian dan menginginkan adanya kesesuaian sehingga bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan. aturan yang satu dengan yang lainnya bisa berbeda tergantung dengan konteks yang ada. Adanya aturan diharapkan dapat menciptakan sebuah kebaikan bukan malah sebaliknya aturan untuk dilanggar. Hidup bisa lebih baik jika sesuai dengan aturannya. Jika kita mengerjakan soal matematika harus dapat memperhatikan aturan yang ada tidak bisa mengabaikannya begitu saja. karena jika aturan tersebut dilanggar biasanya akan menimbulkan ketidaksesuaian dan bisa menimbulkan kesalahan dalam menjawab soal-soal tersebut.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  8. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    kata aturan. aturan dibuat untuk ketertiban bisa juga untuk acuan. seperti dalam Perda (Peraturan Daerah) di buat maka untuk acuan pembuatan Perbup (Peraturan Bupati) karena dalam penjabaran sebuah Perda tidak bisa mendetail seperti yang tertuang dalam Perbup. ini dalam hal Produk hukum aturan untuk acuan.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  9. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Assalamualaikum wr.wb.
    aturan Identitas yaitu aturan dari langit kebumi atau aturan dari Tuhan sebagai pedoman hidup manusia aturan dari tuhan sewajarnya tidak bisa diubah sebagimana aturan yang dibuat oleh manusi. aturan identitas bisa sebagi pedoman yang selalu kita pegang sebagai manusia yang beragama.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  10. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Segala yang ada di dunia dan di akhirat sudah diatur oleh yang kuasa Allah Ta’ala. Kita hidup dan dapat merasakan kehidupan itu karena aturan yang telah ditetapkan sesuai jalurnya itulah disebut aturan identitas. Sedangkan kehidupan yang diatur berdasarkan perkembangan zamannya itulah aturan kontradiktif. Terlepas dari aturan identitas dan kontradiktif, maka sebenar-benarnya aturan adalah mereka yang patuh dan mentaatinya.

    ReplyDelete
  11. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidika Matematika B 2018

    Persepsi kebanyakan orang menganggap bahwasanya aturan yang dibentuk untuk dilanggar, padahal aturan tersebut merupakan bentuk daripada kedisiplinan kita dalam berkehidupan. Ketika ada aturan yang berlaku maka kita tidak boleh semenah-menah untuk berbuat semaunya kecuali hal tersebut tidak diatur dalam peraturan yang ada. Dan juga aturan ketika dilanggar maka tidak ada tawaran baginya atas pelanggaran yang dibuat melainkan menerima sanksi sesuai dengan peraturan tersebut. Aturan tetaplah aturan tanpa ada tawar menawar di dalamnya.

    ReplyDelete
  12. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Anak sekolah harus mematuhi tata tertib sekolah termasuk aturan dalam berseragam. Nah, aturan ini wajib dilakukan anak sekolah karena memang anak tersebut datang ke sekolah dan membutuhkan Ilmun untuk lebih berkembang,s ehingga mereka harus menaati peraturan yang diterapkan oleh sekolah. Begitu juga dengan aturan-aturan lainnya dalam kehidupan manusia yang memang semua dasarnya mempunyai aturan, bila dilanggar pun akan memebuat dirinya sendiri rugi. Sehingga, sebenar-benarnya aturan ada untuk dipatuhi dan dipahami sebab adanya aturan.

    ReplyDelete
  13. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Bila ada suatu kegiatan yang dilakukan maka akan otomatis tercipta suatu aturan yang memberikan batasan agar kegiatan tersebut tidak melenceng dari tujuan awal dibentuknya kegiatan tersebut. Bukan tidak mungkin kebanyakan orang akan mengabaikan aturan tersebut dan membuat aturannya sendiri. Bisa dikatakan orang tersebut membuat batasan bagi dirinya sendiri saat melakukan sesuatu dan menentukan goalnya sendiri.

    ReplyDelete
  14. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Aturan merupakan sebuah ketentuan yang sudah ditetapkan dan bersifat mutlak. Aturan hadir untuk memberikan batasan kepada suatu hal tertentu. aturan itu mengatur untuk suatu tujuan tertentu. namun adakalanya aturan dapat berubah sesuai konteksnya dan disepakati. Kecuali aturan mutlak Tuhan yang maha kuasa mutlak tidak dapat rubah kecuali Tuhan menghendaki.

    ReplyDelete
  15. Lukman
    18701264003
    S3 PEP 2018

    -----------
    _Identitas_ adalah _tepat sama_. Identitas itu ada di langit, turun hanya sampai hati dan pikiran manusia. Tiadalah ada yang bisa _tepat sama_ dengan dirinya sendiri kecuali Tuhan. Atau bisa engkau tepat sama dengan dirimu sendiri, tetapi hanya dimisalkan dipikiran.
    -----

    Saya sangat sepakat dengan pendapat panjenengan di atas. Hal ini membawa pikiran saya untuk meng-kritik thd Item Respon Butir yang secara matematis selalu menghasilkan 1 apabila dikorelasikan dengan dirinya sendiri...Bagaimanakah hal ini diterangkan...atau cukupkah penjelasan aturan bahwa pendekatan itu membawa keterbatasannya masing-masing...ah begitulah...tidak ada yang tak tebatas...kecuali Allah SWT.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Dalam setiap aspek kehidupan pasti memiliki aturan-aturan. Karena dengan adanya suatu aturan hidup akan lebih terstruktur dan terencana. Aturan juga dimaksudkan untuk menjadi pembatas bagi sesuatu agar tetap pada ranahnya sesuai ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  17. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Terdapat dua aturan dalam hidup yaitu identitas dan kontradiksi. Dari cakupan aturan identitas itu sendiri ada dua yaitu identitas absolut dan identitas relatif. Dalam relatif absolut terletak pada pikiran manusia. Sedangkan identitas pada absolut terletak pada bayangan dari pikiran manusia yang menggambarkan keabsolutan. Dalam aturan kontradiksi terletak pada kenyataan hidup yang berlogika. Berlogika agar bisa menjadi manusia yang mampu menaati aturan kontradiksi. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  18. Muhammad Nurfauzan
    14301241015
    S1 pendidikan matematika

    Pada dasarnya aturan adalah buah dari kebebasan. Sangat unik memang jika anyak yang diketahui bahwa aturan itu suatu ketidakbebasan. Namun asalmuasal aturan adalah buah dari kebebasan. Yaitu Kebebasan untuk membuat aturan. Aturnan diatas yang bahas adalah identtas dan kontadiktif. Jika di Identitas kita sudah paham jika diri kita bukanlah kita. Argumen tersebut diperkuat dengan perbedaan waktu, perbedaan opikir, dan perbedaan ruang. Kita sekarang beda dengan kita waktu di SMA. Bagaimana dengan aturn kontradiktif? ya menurut saya, saya setuju dengan bahwa didalam matematika tidak menerima kontradiktif. Sedangkan difilsafat kita sring enemukan kontradiksi apalagi tentang kenyataan kita dan keinginan kita.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  19. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Aturan merupakan ketentuan yang sudah ditetapkan yang bertujuan untuk menjaga ketertiban dan sopan santun dalam perbuatan atau tindakan. Dunia ini memiliki aturan bumi dan langit. Setiap manusia memiliki aturan dalam menjalani hidupnya, aturan tersebut dapat berupa agama dan aturan yang lain. Allah SWT sang Pencipta Alam Semesta yang mengatur bumi dan langit beserta isinya telah memberikan berupa pedoman hidup yang memuat aturan hidup yaitu dalam Agama Islam adalah Al-Quran.

    ReplyDelete
  20. HAnif Cahyo adi Kistoro
    S3 PEP / 18701264004

    kenapa ada aturan? karena untuk kebersamaan. salah satu ciri manusia adalah mencari sesuatu yang dinginkan sesuai seleranya. ketika mencari ini kadang tidak memikirkan efek buat orang yang lain. bisa efek buruk yang muncul. untuk mengarahkan ke hal yang lebih baik perlu dibuat aturan untuk semua, ketika ada yang salah bisa dibetulkan, ketika ada belum tahu perlu di informasikan. aturan dibuat untuk membatasi, tetapi mengarahkan manusia

    ReplyDelete
  21. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Manusia ada dalam kontradiksi, sempurna sekaligus tidak sempurna karena ia hanyalah bayangan. Untuk bisa --meminjam pernyataan Prof. Marsigit--
    mengenali dunianya yang berstruktur (berada dalam keteraturan), maka ada aturan. Karena sebagai bayangan, maka aturannya cenderung kontradiktif, akibat perbedaan ruang, waktu, dan perubahan kebutuhan. Benar dan tepat bagi seseorang, belum tentu bagi yang lain. Benar dan tepat di suatu tempat, belum tentu di tempat lsin. Benar dan tepat sekarang, belum tentu di masa lalu ataupun masa mendatang. Konsensus atas aturan pun tidak bisa sepenuhnya menerobos ruang dan waktu tersebut. Maka, seperti yang Prof. tegaskan bahwa aturan absolut hanyalah milik Sang Maha Kuasa, Tuhan sekalian alam. Manusia hanya berusaha untuk mengikuti bayangan-Nya agar bisa mendekati-Nya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  22. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Tidak ada ruang yang sama, adalah sebuah aturan. Antara kenyataan dan bayangan tidak bisa sama persis. Aturan absolut adalah milikNya, dan manusia hanya bisa mengikuti aturan tersebut. Kenyataannya tetap saja manusia adalah makhluk yang berada di bawah naungan bayanganNya. Sehingga manusia adalah makhluk sempurna di dalam ketidaksempurnaan, dan manusia adalah makhluk tidak sempurna di dalam kesempurnaan. Sebuah aturan kontrakdiktif yang mempunyai makna agung. Manusia hanya mampu untuk terus berusaha dan pasrah dalam aturanNya, dan Dialah yang mutlak menentukan segalanya.
    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  23. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Menurut pemahaman saya, aturan adalah batasan dimana kita berada. Selama kita berada dalam ruang dan waktu maka akan selalu ada ketentuan-ketentuan yang harus kita runut dan ikuti.
    Memang terkadang tidak sesuai harapan, tetapi pada dasarnya itu sebuah kesepakatan.

    Dalam agama, ada beberapa aturan yang mutlak dan ada juga yang berupa kesepakatan. Aturan mutlak berupa pedoman seperti Al Qur'an dan Sunnah, sedangkan aturan yang berupa kesepakatan adalah ijtima' para ulama.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  24. Hima Naili Hidayah
    19701251004
    PEP A S2

    Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
    Manusia adalah mahluk yang sempurna dalam ketidak sempurnaan dan tidak sempurna dalam kesempurnaan. Manusia merupakan mahluk yang sempurna ciptaan Tuhan, namun manusia memiliki batasan dan kekurangan dari tujuan penciptaannya. Hanya dia yang kausal yang memiliki kesempurnaan sejati tanpa kekurangan suatu apapun. Tidak beranak dan tidak di anakkan ialah Tuhan yg maha Esa. Namun manusia perlu bersyukur bahwasannya menjadi makhluk yang sempurna dalam ketidak kesempurnaannya di bandingkan makhluk ciptaan tuhan yang lainnya manusia di bekali akal, hati dan nafsu yang menjadikannya berbeda dengan makhluk yang lainnya. Hendaknya manusia tau batasan-batasannya, dengan cara selalu bersyukur atas apa yang ada.
    Terima kasih prof.

    ReplyDelete
  25. ahmad syajili
    19709251066
    S2 PMD 2019
    Aturan berguna untuk membatasi apa yang kita lakukan. Pada dasarnya aturan ada karena adanya sebuah ketidaksesuaian dan menginginkan adanya kesesuaian sehingga bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan. aturan yang satu dengan yang lainnya bisa berbeda tergantung dengan konteks yang ada. Adanya aturan diharapkan dapat menciptakan sebuah kebaikan bukan malah sebaliknya aturan untuk dilanggar. Hidup bisa lebih baik jika sesuai dengan aturannya. Jika kita mengerjakan soal matematika harus dapat memperhatikan aturan yang ada tidak bisa mengabaikannya begitu saja. karena jika aturan tersebut dilanggar biasanya akan menimbulkan ketidaksesuaian dan bisa menimbulkan kesalahan dalam menjawab soal-soal tersebut.

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    PEP S2 A 2019

    artikel ini memaparkan pelaksanaan aturan untuk manusia di bumi. aturan untuk manusia itu ada dua aturan identitas dan kontradiktif, setiap aturan memiliki porsinya masing-masing sehingga manusia tidak dapat mencampuradukkan. Refleksinya, misalkan dalam pembelajaran matematika semua stakeholder yang terlibat harus mengikuti aturan pembelajaran matematika agar berjalan semestinya, jika tidak sesuai dengan aturan maka pembelajaran matematika tidak tersampaikan dengan maksimal.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  27. Hanifah Nabila Hendral
    19701251003
    PEP A 2019

    Assalamualaikum
    Aturan merupakan suatu pedoman agar manusia bisa selalu tertib. menurut penjelasan dari Cangik, aturan terbagi jadi dua yaitu;(1) aturan identitas berarti tepat sama dan memiliki tempat di hati dan pikiran, (2)kontradiksi berarti kenyataan dan kenyataan tidak akan pernah sama. karena itu sebenar-benarnya kenyataan hidup adalah kontradiksi. hal ini karena tidak mungkin hidup akan selalu sama. setiap manusia akan berubah, baik kehidupan, sifat dan lain sebagainya. tidak akan ada manusia yang selalu sama

    ReplyDelete
  28. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    s2 pendidikan matematika /D

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.
    Dari dialog ini, pemahaman yang saya dapat aturan identitas adalah absolut milik Allah SWT, segala ketetapanNya tidak bisa diganggu gugat, semua harus taat, bersifat abadi dan kekal. Sedangkan aturan relatif adalah ciptaan manusia, penerapan sesuai dengan ruang dan waktunya, misal resep nasi goreng hanya berlaku di dapur saat memasak nasi goreng, teorema pitagoras hanya berlaku pada segitiga siku-siku saat kita membandingkan panjang sisi-sisinya. Sedangkan aturan kontradiktif, adalah kenyataan, pada dasarnya kenyataan ini tidak lah tetap, saat ini tidak sama dengan saat tadi, dan saat ini juga tidak sama dengan saat datang, semua terikat oleh ruang dan waktu, padahal waktu senantiasa berubah.

    ReplyDelete
  29. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    s2 pendidikan matematika /D

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.
    Dari dialog ini, pemahaman yang saya dapat aturan identitas adalah absolut milik Allah SWT, segala ketetapanNya tidak bisa diganggu gugat, semua harus taat, bersifat abadi dan kekal. Sedangkan aturan relatif adalah ciptaan manusia, penerapan sesuai dengan ruang dan waktunya, misal resep nasi goreng hanya berlaku di dapur saat memasak nasi goreng, teorema pitagoras hanya berlaku pada segitiga siku-siku saat kita membandingkan panjang sisi-sisinya. Sedangkan aturan kontradiktif, adalah kenyataan, pada dasarnya kenyataan ini tidak lah tetap, saat ini tidak sama dengan saat tadi, dan saat ini juga tidak sama dengan saat datang, semua terikat oleh ruang dan waktu, padahal waktu senantiasa berubah.

    ReplyDelete
  30. Galih Istiningsih
    19706261009
    S3 Pendas 2019

    assalamualaykum..

    Sangat menarik tulisan prof..Aturan adalah hal yang mengikat untuk mencapai tujuan tertentu. Aturan terbagi dua yaitu: identitas dan kontradiksi. identitas bersumber di hati nurani dan akal yang mengetahui dirinya dengan Alloh. sedangkan kontradiksi adalah hal berlawanan tetapi saling mengikat ruang dan waktu. awalnya akhir dalam pembelajaran adalah doa (bismillah), akhirnya awal adalah adalah doa (hamdallah)

    ReplyDelete
  31. Meilan Lengkong
    S2 - PEP A 2019

    Syaloom.
    Assalamualaikum
    Aturan Absolut merupakan hal yang mutlak dan harus ditaati. Yang menjadi persoalan adalah tentang Aturan Relatif yang diciptakan oleh "Manusia yang sempurna dalam Ketidaksempurnaan dan Tidak Sempurna dalam Kesempurnaan". yang berarti manusia tidak akan pernah puas dengan apa yang ada padanya, ketika mendapati kekurangan maka akan membuat aturan baru untuk menutupi kekurangan yang ada; dan pada kenyataannya pun tidak akan sama dengan Harapannya. Itulah kenapa 'Kenyataan tidak akan pernah sama', bila diandaikan kenyataan adalah 2 Bayi Kembar identik, walaupun dikatakan sebagai kembar identik (dari segi penampilan sama persis) tetapi kenyataannya pun tetap memiliki perbedaan.

    Terima Kasih
    Wassalamualaikum.
    Damai di Hati

    ReplyDelete
  32. Anna Isabela Sanam
    19701251001
    S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (2019)

    Aturan menurut apa yang saya pahami adalah sederhana yakni berkaitan dengan hal perlu dilakukan ataupun tidak boleh dilakukan. Dalam tulisan artikel ini disebutkan dua aturan yaitu aturan identitas absolut dan identitas relatif. Kedua aturan ini tentunya ada aturan tertulis dan tidak tertulis. Sifat dari aturan sendiri adalah mengatur dan mengikat. Aturan Tuhan sang pencipta adalah pedoman hidup yang mengatur dan mengikat kita agar selalu berada pada hati dan pikiran yang benar. sedangkan aturan identitas relatif pun mengatur segala sesuatu agar dilakukan sesuai dengan kondisinya.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  33. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Aturan identitas milik Tuhan mengajarkan bahwa kita sebagai hamba harus senantiasa beribadah dalam kondisi apapun, berbeda dengan aturan relatif manusia yang dapat berubah-ubah sesuai kondisi dan waktu.
    Aturan kontradiktif mengajarkan bahwa tidak ada ruang dan waktu yang benar benar sama, hal ini bisa dijadikan pembelajaran untuk senantiasa mensyukuri keadaan, menikmati momen ketika bersama orang lain karena tidak akan lagi ditemui momen yang sama.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  34. Mori jari Dedek, par awon, kolep Salen, awang etan, tanan Wan, merupakan ungkapan iman lokal Manggarai yang merujuk pada satu kata yaitu Tuhan. Didalam ungkapan Itu, posisi Tuhan sebagai pencipta, matahari terbit dan terbenam, langit Di atas dan bumi yang kita pijak. Itu berarti segala sesuatu ada yang menciptakan dan ada yang mengaturnya. Aturan itu berlaku bagi semua isi yang ada bswah langit dan dari matahari terbit sampai terbenam. Makna filosofis artikel dari prof Saya terjemahkan dengan ungkapan kearifan lokal Manggarai.

    ReplyDelete
  35. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Aturan itu ada untuk membatasi perilaku atau kegiatan yang menyimpang atau yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dengan adanya aturan, dapat mengatur kesesuaian yang ada sehingga manusia lebih terstruktur, teratur dan menghindari dari mencelakai individu lainnya. Oleh sebab itu, aturan sangat diperlukan dalam kehidupan agar hidup lebih teratur, menghindarkan diri dari tindakan saling menyakiti, menciptakan kehidupan yang damai dan aman, dan bahkan membuat manusia memiliki tujuan yang lebih baik dalam hidupnya. Dengan begitu, aturan yang dibuat haruslah jelas, tegas, mengikat, tetapi juga tidak membebani.

    ReplyDelete
  36. Choirul Amri
    (19709251078 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, Aturan berdasarkan yang saya pahami dari tulisan Bapak diatas terdiri atas identitas dan kontradiksi. Aturan ada dan ditegakkan untuk memperkuat identitas yang telah ada sehingga apapun itu tidak terganggu, tidak terkena radikal, tidak terkena sakit, tidak terkena gangguan apapun itu. Sementara kontradiksi disini adalah perubahan-perubahan dari identitas yang berubah sesuai kodratnya yang dimana perlu ada rambu yang mengaturnya. Dan sebaik-baiknya aturan atau aturan tertinggi adalah aturan dari Yang Maha Tinggi, yaitu aturan Allah SWT yang wajib dipatuhi untuk kehidupan yang lebih baik jika dilanggar maka aka nada aturan Allah untuknya berupa sanksi, semoga kita terhindar dari sanksi Allah dan dapat mengindahkan aturan Allah dengan sebaik-baiknya. Amiiin.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  37. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih atas tulisan prof mengenai makna dari sebuah aturan. bagaimana aturan identitas dan aturan kontradisi dijelaskan adalah bagian yang mengatur dan mengikat dalam ruang dan waktunya. Aturan identitas absolut adalah milik Tuhan tidak berubah dalam ruang dan waktu kita berbeda dengan aturan identitas relatif manusia yang dapat berubah sesuai lingkungannya dalam hati dan pikiran manusia. aturan kontradiksi adalah aturan yang menyatakan bahwa tidak mungkin sesuatu itu pada waktu yang sama adalah sesuatu itu dan bukan sesuatu itu. bagaimana aturan-aturan ini ada menjadi hal penting dalam kehidupan manusia untuk terciptanya keharmonisaan, kesesuaian, keteraturan dan keserasian.

    ReplyDelete
  38. Dini Senjaningrum
    19709251067
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dari dialog di atas,dapat saya simpulkan bahwa aturan identitas absolut merupakan aturan milik Tuhan yang konsisten dan abadi dimana aturan ini menjadi dasar dari semua aturan. Aturan identitas relatif merupakan aturan yang penerapannya disesuaikan dengan kondisi dan untuk aturan kontradisi adalah kenyataan yang tidak selalu sama dengan kenyataan. Pada dasarnya aturan merupakan ketentuan, pedoman, petunjuk, atau perintah untuk mengarahkan kita ke hasil yang baik.

    ReplyDelete
  39. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Dari tulisan prof, Aturan identitas absolut hanya milik Allah SWT tidak dapat berubah dan segala sesuatu yang dikehendaki Allah SWT yang mendasari semua aturan di alam semesta dan bersifat konsisten dan abadi. sedangkan aturan identitas relatif merupakan aturan yang dapat berubah sesuai dengan kondisi. Aturan kontradiktif merupakan aturan yang menyatakan tidak ada ruang dan waktu yang benar benar sama. Sebagaimana semua aturan dapat berjalan beriringan sehingga terciptanya kehidupan yang harmonis dan tentram.

    ReplyDelete
  40. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Dalam tulisan ini dijelaskan tentang aturan yang hanya terdiri dari dua macam identitas dan kontradksi. Yang membuat saya merenung adalah aturan mana yang lebih condong kita terapkan. Atau apakah balance dalam mematuhi kedua aturan ini? Mungkin jawabannya kembali kepada individu masing – maisng. Namun yang perlu kita pahami adalah bahwa dalam hidup ini kita butuh aturan. Karena aturan merupakan juri penentu keberlangsungan hidup itu sendiri. Bisa dibayangkan jika sehari – hari kita hidup tanpa mematuhi aturan – aturan Tuhan? Atau bisa dibayangkan jika sebagai mahasiswa kita tidak mematuhi aturan – aturan di UNY namun berkuliah di UNY. Oleh karena itu, mari tetap berdoa agar kita selalu taat akan aturan – aturan Tuhan sehingga kita lebih memaknai dan mensyukuri kehidupan yang dipercayakan Tuhan kepada kita umat-Nya.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  41. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Dalam arti aturan adalah adalah serangkaian ketentuan, petunjuk, patokan, atau perintah yang dibuat untuk mengatur kehidupan manusia dalam sehari-harinya agar tidak keluar dari koridor. menurut pemaparan didalam blog aturan terbagi menjadi 2 yaitu identias dan kontradiksi.
    aturan identitas berhubungan dengan yang diatas dan kontradiksi bagan dibawah.
    aturan identitas mengatur hubungan antara pikiran dan hati tujuan utama adalah tuhan. Aturan kontradiksi adalah aturan yang ada pada kenyataan yang dapat kita lihat,raba, rasa atau menggunakan pengindraan.
    Namun dalam sebaik baiknya aturan adalah yang mampu membawa manusia dalam hal kebaikan dan tidak terdapat motif buruk.

    ReplyDelete
  42. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Aturan identitas mutlak adalah milik Tuhan. Sedangkan aturan identitas relatif adalah milik manusia. Identitas adalah tepat nama yang berputar dalam waktu dengan membawa ruangnya masing-masing menjadi sebuah aturan atau ketentuan. Kenyataan dalam ruang dan waktu tidak ada yang sama persis atau disebut dengan kontradiksi. Seperti halnya manusia adalah kontradiksi, manusia berada dibawah bayangan aturan identitas mutlak. Maka manusia adalah makhluk tidak sempurna di dalam kesempurnaan. Dalam kontradiktif yang lain, manusia adalah makhluk sempurna di dalam ketidaksempurnaan.

    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  43. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Aturan secara identitas relatif itu diciptakan agar manusia bisa membatasi diri dalam berprilaku dan bertindak. Manusia menciptakan aturan agar tercipta keteraturan, namun masih saja banyak yang melanggar. Inilah kontradiksinya. Apalagi aturan absolut Tuhan, tidak sedikit yang melanggarnya. Hal ini memang sudah sering terjadi karena sesempurnanya manusia mereka sebenarnya sempurna didalam ketidaksempurnaan. Jadi yang menjadi pemikiran saya adalah sangat sulit bagi seorang manusia untuk mentaati suatu aturan baik relatif maupun absolut dengan baik. Karena yang sempurna hanyalah Tuhan semata. Terima kasih.

    ReplyDelete
  44. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C
    Kata orang, aturann ada untuk dilanggar. Tapi relakah kita melanggar aturan Tuhan? Sanggupkah kita melanggar aturan Tuhan? Padahal Tuhan mengatur segala hal dalam hidup kita untuk kedisiplinan dan keberlangsungan hidup kita. Tuhanlah sebaik-baiknya pembuat aturan, sebab sudah pasti aturan Tuhan adalah yang terbaik untuk kehidupan kita. Itulah aturan sebagai suatu identitas, satu, dan tidak seharusnya dilanggar. Namun, kadang ada aturan yang kontradiktif, aturan ini adalah aturan yang dibuat oleh manusia. Baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Misalnya, seseorang yang sedang melakukan program diet, memiliki aturan untuk mengurangi makan dan minum manis. Namun, suatu hari dia berkunjung ke rumah tetangga kemudian tetangganya menyuguhi teh manis dan roti. Ia harus melanggar aturan yang ia buat untuk menghormati tetangganya tersebut. Begitulah aturan kontradiktif.

    ReplyDelete
  45. Tri Effiyanti
    19701261007
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 2019

    Aturan identitas turun dari langti ke bumi, dari atas ke bawah, dari pikiran ke kenyataan. Ada dua aturan identitas yaitu aturan identitas absolut, yaitu aturan milik Tuhan dan aturan identitas relative, yaitu pikiran manusia. Aturan identitas absolut/milik Tuhan wajib kita ikuti. Misalnya untuk orang yang beragama Islam, wajib untuk syahadat, melaksanakan sholat, puasa, bayar zakat, dan menunaikan haji bagi yang mampu. Sedangkan aturan identitas relative atau yang berasal dari pikiran manusia dapat berupa aturan berlalu lintas, aturan berkendara, aturan belajar, aturan bermain dan sebagainya. Semua ada aturannya. Sebaik-baik manusia adalah yang mampu mentaati aturan. Agar kehidupannya dapat berjalan dengan lancar dan mulus. Meskipun terkadang aturan itu memiliki kontradiktif pada kita. Namun diperlukan sikap dalam melaksanakan aturan kontradiktif tersebut.

    ReplyDelete
  46. Achmad Rante Suparman
    19701261010
    PEP S3 2019


    Assalamualaikum Wr Wb.
    "Semua kenyataan itu adalah bayangan dari langit, bayangan dari aturan absolut Tuhan, bayangan dari aturan identitas absolut. Kenyataan juga bayangan dari aturan identitas relatif manusia"

    Aturan absolut Tuhan dalam Islam disebut adalah hal wajib, aturan yang di pahami dan di taati bagi semua pemeluk agama Islam. Aturan yang bersumber dari Tuhan yang dipercaya oleh hati diucapkan dengan lidah dan diikuti oleh perbuatan tanpa berusaha mencari aturan yang lain.

    Aturan identitas relatif manusia adalah aturan atas kesepakatan bersama manusia, aturan yang masih mudah berubah-ubah sesuai dengan cara pandang, ruang dan waktu, kebutuhan manusia, sehingga disebut relatif artinya mudah beruapah tergantung situasi dan kondisi.

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Secara umum pengertian aturan adalah serangkaian ketentuan, petunjuk, patokan, atau perintah yang dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk mengatur kehidupan manusia dalam sehari-harinya agar tidak melakukan sikap brutal, ingin menang sendiri, dan lainnya.
    Secara bahasa, pengertian aturan adalah suatu pedoman agar manusia dapat hidup secara tertib dan teratur. Seperti yang telah dijabarkan oleh Bapak di atas, aturan identitas adalah pedoman hidup manusia.

    ReplyDelete
  49. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D
    Dari yang saya baca tentang tulisan ini, ada dua maccam aturan yaitu identitas dan kontradiksi. Aturan identitas sendiri terbagi menjadi dua yaitu aturan identitas absolut aturan milik Tuhan aturan mutlak yang sudah pasti dan tidak bisa di ganggu gugat aturan yang menjadi pedoman hidup umat manusia. Selanjutnya aturan identitas relatif aturan yang berasal dari pikiran manusia.

    ReplyDelete
  50. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Aturan ialah peraturan atau batasan yang tetap menjaga sesuatu agar tetap sesuai norma. Aturan sendiri ada yang turun dari Tuhan atau merupakan buatan manusia. Hal yang sangat menarik dari tulisan Bapak Marsigit ini adalah tentang hukum kontradiksi. Hukum kontradiksi adalah aturan yang menyatakan bahwa tidak mungkin sesuatu itu pada waktu yang sama adalah sesuatu itu dan bukan sesuatu itu. Maksudnya: mustahil sesuatu itu adalah hal satu dan bertentangan pada waktu yang bersamaan.

    ReplyDelete
  51. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Atuan adalah serangkaian ketentuan atau perintah yang bertujuan untuk mengatur kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari agar tidak melakukan sikap brutal, ingin menang sendiri, dan lain-lain. Aturan biasanya bersifat mengikat dan wajib ditaati. Adanya aturan dalam kehidupan dapat mewujudkan sila kelima pancasila yaitu “keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia”

    ReplyDelete
  52. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Dari artikel; yang saya baca bahwa aturan adalah sebuah batasan dalam bersikap, bertingkah laku, dan dalam menjalani kehidupan. Sebuah aturan sifatnya mengikat. Aturan dibedakan menjadi dua, aturan absolut dan relative. Aturan identitas hanya milik Allah SWT, sehingga mutlak harus dijalankan sesuai hati nurani. Sedangkan aturan kontradiksi bergantung kepada ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  53. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Saya memaknai aturan di sini sebagai qodo dan qodar. Segala sesuatu yang sudah ditetapkan Allosh SWT kepada semua mahluk hidup. Kita sebagai mahluk ciptaan-Nya, harus selalu patuh terhadap semua aturan-aturan-Nya. Kita menjaga aturan tersebut dan kita juga bisa perbaiki aturan yang ada, terutama aturan yang ada dalam diri kita. Karena sejatinya, segala aturan yang sudah dibuat oleh Alloh SWT, pasti untuk kebaikan semua mahluk baik di dunia maupun akhirat.

    ReplyDelete
  54. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019
    Aturan yang ada dibedakan menjadi dua, aturan identitas yaitu aturan yang sifatnya sama seperti aturan identitas absolut yang berasal dari Allah Swt berupa Al qur’an kemudian sabda-sabda Rosulullah yang ada dalam hadist. Sedangkan yang kedua yaitu aturan kontradiktif yang diciptakan oleh manusia. Disebut kontradiktif karena aturan yang diciptikan oleh seseorang akan berbeda dengan yang diciptakan oleh orang lain. Ketika dalam sekelompok orang menciptakan peraturan artinya telah terjadi kesepakatan dalam kelompok tersebut. Ada satu kalimat yang sangat mengena bagi saya yang saya kutip dari artikel bapak yaitu “Belum selesai engkau menunjuk dirimu sendiri, dirimu sudah berubah dari tadi menjadi sekarang”. Hal ini menunjukkan bahwa manusia itu dapat berubah setiap waktu. Entah perubahan itu menuju hal yang positif ataupun negatif. Yang menjadikan manusia itu berubah adalah hatinya. Hati manusia sangat mudah sekali untuk berbolak-balik. Oleh karenanya kita diajarkan untuk selalu berdoa, memohon kepada Allah agar hati kita selalu dijaga. Salah satu doa yang dapat diamalkan yaitu
    يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ وَ عَلَى طَاعَتِكَ
    “Wahai yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu dan di atas ketaatan kepada-Mu”

    ReplyDelete
  55. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019
    Dalam kehidupan, semua kenyataan terikat oleh ruang dan waktu. Setiap fenomena yang terjadi dalam kehidupan tidaklah sama ruang dan waktunya satu sama lain. Untuk itu diperlukan aturan untuk mengatur setiap fenomena yang terjadi dan yang mungkin akan terjadi.

    ReplyDelete
  56. Dea Armelia
    19709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Berdasarkan paparan diatas, saya memaknai bahwa Hukum identitas adalah di mana aku sama dengan aku, diri sama dengan diri (subyek=predikat). Hukum tersebut tidak akan berlaku apabila terbatas atau terikat oleh ruang dan waktu. Maka manusia tidak akan pernah sama dengan namanya, hanya Tuhan yang sama dengan namanya. Maka dalam matematika, 2 sama dengan 2 hanya benar ketika dalam pikiran, namun akan menjadi salah ketika dituliskan atau diucapkan. Jadi secara filsafat, matematika hanya akan benar ketika masih di dalam pikiran. Hukum identitas ini bersifat apriori, di mana mempunyai kelebihan dalam merencanakan atau memikirkan yang belum dilihat karena hanya berdasarkan pada identitas saja. Sedangkan dunia pengalaman bersifat aposteriori, di mana pengalaman dilakukan tanpa berpikir.

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. Saya memaknai aturan itu adalah qada dan qadar Tuhan yang telah di tetapkan sejak zaman azali. Jadi apapun yang terjadi di dunia ini adalah kehendaknya. Dalam qada dan qadar ada yang tidak dapat berubah dan ada yang bisa berubah seperti yg telah prof sampaikan dalam tulisan di atas bahwa Semua kenyataan itu adalah bayangan dari langit, bayangan dari aturan absolut Tuhan, bayangan dari aturan identitas absolut. Kenyataan juga bayangan dari aturan identitas relatif manusia. Ada 2 tempat aturan identitas relatif manusia yaitu di _hati_ dan _pikiran_. Dalil Pythagoras itu adalah aturan identitas relatif manusia ada didalam pikiran, maka dia berlaku dulu, sekarang dan yang akan datang dan dimana saja. Doa doa yang kita ucapkan adalah bayangan dari aturan identitas absolut Tuhan.

    ReplyDelete
  59. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Sejatinya aturan itu ada dua macam yaitu identitas dan kontadiksi. Pada dasaranya aturan dibuat untuk kebaikan dan membuat seseorang atau kelompok menjadi tertib. Namun aturan juga bisa membatasi seseorang dalam bertindak.

    ReplyDelete
  60. Hidayatul wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Dari elegi di atas bahwa, ada 2 aturan indentitas yaitu aturan identitas absolut dan aturan identitas relatif. Aturan identitas absolut yaitu milik Allah yang ada dalam Al-Quran dan hadis. Aturan identitas relatif yaitu pikiran manusia. Manusia selalu kontradiktif karena manusia itu sempurna dalam ketidaksempurnaan dan tidak sempurna dalam kesempurnaan.

    ReplyDelete
  61. Duden Saepuzaman
    NIM. 19701261008
    S3 PEP 2019

    Setelah membaca tulisan diatas, ringkasan yang dapat saya buat
    1.Terdapat dua macam aturan yaitu identitas dan kontradiksi
    2. Masing-masing dari dua macam aturan diatas (identitas dan kotradiksi) memiliki definisi dan aturannya
    3. Identitas berarti tepat sama, sedangkan kontradiksi berarti tidak sama.
    4. Identitas turun dari langit hanya sampai hati dan pikiran manusia, dominasi dominasi berada dalam ranah kontradiksi

    ReplyDelete
  62. Aturan memunculkan ritme kehidupan. Identitas dan kontradiksi menjadi keseimbangan yang tetap hidup dalam kehidupan manusia. Identitas yang dimaksud hanya ada dalam hati dan pikiran manusia atau dengan kata lain tidak bisa ada dalam kenyataan namun benar adanya. Sementara kontradiksi adalah segala hal yang ada dalam kenyataan atau bisa dinyatakan dalam kehidupan. Identitas dan kontradiksi dalam aturan membentuk keselarasan yang bisa disepakati bersama.

    Ikhsanudin (PEP-S3/19701261001)

    ReplyDelete
  63. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Dalam arti aturan adalah adalah serangkaian ketentuan, petunjuk, patokan, atau perintah yang dibuat untuk mengatur kehidupan manusia dalam sehari-harinya agar tidak keluar dari koridor. menurut pemaparan didalam blog aturan terbagi menjadi 2 yaitu identias dan kontradiksi. Aturan ada dan ditegakkan untuk memperkuat identitas yang telah ada sehingga apapun itu tidak terganggu, tidak terkena radikal, tidak terkena sakit, tidak terkena gangguan apapun itu. Sementara kontradiksi disini adalah perubahan-perubahan dari identitas yang berubah sesuai kodratnya yang dimana perlu ada rambu yang mengaturnya. aturan identitas berhubungan dengan yang diatas dan kontradiksi bagan dibawah. aturan identitas mengatur hubungan antara pikiran dan hati tujuan utama adalah tuhan. Aturan kontradiksi adalah aturan yang ada pada kenyataan yang dapat kita lihat,raba, rasa atau menggunakan pengindraan. Namun dalam sebaik baiknya aturan adalah yang mampu membawa manusia dalam hal kebaikan dan tidak terdapat motif buruk..

    ReplyDelete
  64. Muh. Asriadi AM
    19701251008
    S2 PEP A 2019
    Yang dapat saya pahami terkait topik bahasan mengenai Aturan, bahwa Setelah sebuah aturan telah dibuat, maka siapapun tidak boleh melanggarnya. Karena sudah dibuat aturannya, dan sudah disepakati bersama-sama. Aturan adalah suatu jalan untuk menuntun dan mertibkan perilaku manusia. Aturan berguna untuk membatasi apa yang kita lakukan. Pada dasarnya aturan ada karena adanya sebuah ketidaksesuaian dan menginginkan adanya kesesuaian sehingga bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan. aturan yang satu dengan yang lainnya bisa berbeda tergantung dengan konteks yang ada. Adanya aturan diharapkan dapat menciptakan sebuah kebaikan bukan malah sebaliknya aturan untuk dilanggar. Dalam hidup i ni ada banyak aturan baik dari agma ataumun negara. Bahkan dalam diri sendiri ada berbagai macam aturan yang itunyan dapat mebuat manusia hidup dengan baik.

    ReplyDelete