Sep 25, 2017

*KEMISTRI*



Oleh: Marsigit UNY

*Limbuk*:
Biyung Cangik, saya mau tanya apa itu kemistri ?

*Cangik*:
Kemistri itu cocok, sesuai, sama sifat, sama tujuan, sama kebutuhan, sama judul, sama tema, sama ... , banyak persamaannya, mengutamakan persamaan, mengesampingkan perbedaan.

*Limbuk*:
Contohnya?

*Cangik*:
Batu itu kemistri dengan pasir, sebab batu bisa menjadi pasir, pasir juga bisa menjadi batu. Jadi kemistri bisa aku katakan sebagai: bisa menjadi.

*Cangik*:
Es berkemistri dengan air. Sesama golongan itu saling berkemistri. Manusia saling berkemistri. Binatàng saling berkemistri. Tumbuh tumbuhan saling berkemistri. Batu batu saling berkemistri.

*Limbuk*:
Apakah ada tingkatan kemistri ?

*Cangik*:
Tentu ada. Paling rendah, kemistrinya benda-benda. Diatasnya, kemistrinya sifat atau keadaan. Diatasnya kemistrinya pergaulan. Diatasnya kemistrinya pikiran. Diatasnya lagi kemistrinya hati. Diatasnya lagi kemistrinya spiritual. Kemistrinya orang dengan sifatnya dapat dikatakan sebagai ukhuwah. Ada tiga macam ukhuwah: wathaniyah, insaniyah, dan Islamiyah.

*Limbuk*:
Kemistri sifat?

*Cangik*:
Manusia secara fisik bisa berkemistri, buktinya ada trasplantasi organ orang satu dengan orang lain. Tetapi manusia punya sifat berkemistri misal sama sama punya sifat sabar.

*Limbuk*:
Apakah ada lawan dari kemistri ?

*Cangik*:
Lawan dari kemistri itu ya tidak kemistri. Setengah dunia itu berkemistri, sedangkan setengahnya lagi tidak berkemistri. Kebaikan berkemistri dengan kebaikan. Tetapi kebaikan tidak dapat berkemistri dengan keburukan. Jadi syurga itu tidak berkemistri dengan neraka.

*Limbuk*:
Bagaimana metode berkemistri?

*Cangik*:
Metode berkemistri itu sesuai dengan sùbjek dan objek kemistri dan tingkatanya. Ilmu Kimia mempelajari kemistrinya benda benda. Ilmu sosial mempelajari kemistrinya pergaulan. Matematika dan psikologi mempelajari kemistrinya pikiran. Ilmu Agama mempelajari kemistrinya umat beragama. Metafisik mempelajari kemistrinya maksud maksud, arti dan tujuan.

*Limbuk*:
Manfaat kemistri?

*Cangik*:
Lho manfaat kemistri jelas sangat banyak. Kemistrinya benda benda bisa bercampur atau bereaksi. Kemistrinya muda mudi bisa menjadi suami isteri. Kemistrinya tumbuh tumbuhan bisa menghasilkan buah. Kemistrinya pergaulan bisa memperoleh petdamaian. Kemistrinya golongan orang bisa meraih cita cita bersama. Kemistrinya umat beragama bisa menambah pahala. Kemistrinya antar negara bisa memperoleh perdamaian dunia. Kemistrinya hati atau perasaan bisa menghasilkan kebahagiaan. Kemistrinya pikiran bisa memperoleh persepsi yang sama. Kemistrinya makanan bisa menyehatkan tubuh. Kemistrinya keluarga bisa menghasilkan keluarga yang sakinah mawadah warohmah. Kemistrinya musim bisa menghasilkan panen yang baik. Kemistrinya organ tubuh pertanda badan masih sehat. Kemistrinya ketua dan anggota bisa melancarkan program. Kemistrinya mahasiswa kepada pembimbing bisa mempercepat studi. Kemistrinya kata kata dan bahasa pertanda hidupnya sehat. Kemistrinya anggota ke ketua memperlancar urusan. Kemistrinya pemimpin ke yang dipimpin akan membawa kemajuan. Kemistrinya yang dipimpin ke yang memimpin akan membawa kesejahteraan. Kemistrinya suami isteri akan memberi keluarga sakinah. Kemistrinya penjual ke pembeli akan memberi keuntungan. Kemistrinya umat kepada Tuhan sarana menuju syurga. Kemistrinya keluarga dan saudara bisa menambah rejeki. Kemistrinya keadaan kepada waktunya akan memberikan harmoni. Kemistrinya pikiran kepada kenyataan akan menemukan hakikat hidup. Kemistrinya pikiran akan memberikan kecerdasan. Kemistrinya bumi ke langit akan menimbulkan kedamaian dunia. Kemistrinya langit ke bumi akan menurunkan rahmat dan barokah. Kemistrinya jawaban ke soal menjadikannya lulus ujian. Dst.

*Limbuk*:
Apa syaratnya berkemistri?

*Cangik*:
Syarat berkemistri: niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, sifat baik, senang, kasih sayang, memaafkan, mencari ilmu, mencari kemampuan, mencari metode, tata cara, menggunakansopan santun, bersilaturahim, saling menolong, saling memahami, saling mengenal, saling bersatu dan tidak mencemooh, berpikiran positif dan berprasangka baik, saling merasakan, saling mendoakan, saling membantu, saling menjaga, menahan diri, bertutur kata baik, tidak menyakiti perasaan, menghormati perbedaan dan mencari persamaan, memaklumi kekurangan orang lain, selalu berikhtiar dalam kebaikan.

END

152 comments:

  1. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Menurut saya pribadi kemistri ibarat magnet yang mana dapat saling tarik menarik ataupun saling menjauh. Ulasan ini begitu membuat saya penasaran sehingga saya mau membacanya. Saya juga merasa menikmati saat membacanya. Kemistri juga dibutuhkan dalam segala aspek kehidupan. Adanya syarat-syarat kemistri dapat mendorong seseorang untuk berbuat kebaikan dan melakukan hal-hal yang bersifat positif.
    Timbul pertanyaan dalam benak saya, apakah ketika seseorang telah memiliki kemistri dengan sesuatu dapat menimbulkan suatu keraguan dalam dirinya? Bagaimana mengatasinya saat berada dalam kondisi tersebut? Saya berharap Bapak memberikan tanggapan yang lebih dalam terkait hal tersebut. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak.

    ReplyDelete
  2. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari dialog ini yang kami pahami adalah kemistri itu terjadi diantara beberapa objek jika beberapa objek itu berkumpul maka beberapa objek itu bisa saling menerima, dan mengesampingkan kontradiksi-kontradiksi yang ada. Sebagai seseorang yang hidup dalam kebersamaan kami harus berupaya dengan sungguh-sungguh agar bisa memunculkan kemistri agar bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam setiap aktifitasnya.

    ReplyDelete
  3. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP Kelas B 2017

    "Kemistrinya pemimpin ke yang dipimpin akan membawa kemajuan. Kemistrinya yang dipimpin ke yang memimpin akan membawa kesejahteraan." Saya setuju dengan kalimat tersebut.
    Lalu bagaimana dengan sebuah Negara, dimana akan selalu ada sebagian rakyat merasa tidak memiliki kemistri terhadap pemimpinnya seperti kubu oposisi? apakah negara tersebut tidak akan pernah menjadi Negara maju? Karena setiap rakyat berhak memilih sikap masing-masing terhadap pemimpin yang dipilihnya. Apakah pemimpin yang harus menyesuaikan syarat kemistri terhadap yang dipimpin atau sebaliknya yang dipimpin harus menyesuaikan syarat kemistri terhadap pemimpinnya agar kelak dapat membangun kemajuan dan kesejahteraan.

    ReplyDelete
  4. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kemistri itu menurut saya seperti anak kunci dan gemboknya. Kemistri akan timbul apabila adanya rasa saling memahami, rasa percaya, rasa simpatik, rasa saling mendo'akan, rasa saling untuk menjaga satu sama lain, dan yang paling penting adalah adanya rasa kecocokan. Kemistri apabila telah didapat akan menimbulkan rasa keharmonisan antara kedua belah pihak. Biasanya untuk seseorang yang berlawanan jenis apabila dibiarkan kemistri perlahan-lahan dapat berubah menjadi perasaan sayang. Saya setuju dengan bapak Prof bahwa pemimpin yang mempunyai kemistri akan dapat membawa rakyatnya ke arah yang lebih maju dan dinamis dalam menghadapi tantangan global.

    ReplyDelete
  5. Junianto
    PM C
    17709251065

    Kemistri bisa dikatakan sebagai ikatan antar benda/ objek. Objek satu dengan lainnya secara fisik bisa berbeda, tetapi diantaranya memiliki kemistri sehingga bisa disatukan. Meskipun ada batas-batas yang membedakan benda/objek, tetapi batas-batas itu bisa ditembus jika ada kemistri. Seperti yang Prof sampaikan puncak dari segala ilmu adalah spiritual dan kemistri yang paling tinggi adalah kemistri karena alasan spiritual (ukhuwah).

    ReplyDelete
  6. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Setelah saya membaca saya belajar tentang kemistri dan manfaatnya. Kemistri sangat diperlukan di antara aspek yang ada baik antara yang ada dalam diri sendiri, antara seseorang dengan orang lain, antara seseorang dengan lingkungannya dan lain-lain.
    Kemistri dapat menciptakan keseimbangan dan keselarasan hidup. Sehingga kemistri tersebut hendaknya menjadi tujuan yang harus dicapai manusia.
    Berusaha menggapai kemistri dengan menambah pengetahuan, pengalaman, dan yang terpenting adalah doa kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  7. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Tidak semua orang dapat memperoleh kemistri dengan segala hal yang ada di Dunia ini. Hal tersebut terjadi salah satunya adalah karena kita tidak mau tahu tentang hal yang tidak kita ketahui. Dengan kita tahu bahwa kita tidak tahu memungkinkan kita akan memiliki kemistri terhadap segala hal yang ada di Dunia ini. Menurut saya, manusia bisa berkemistri dengan benda mati. Ketika berkemistri dengan benda mati, kita dapat mengetahui manfaat dari benda yang mati secara maksimal. Tidak hanya digunakan untuk satu hal saja namun bisa dua hal, tiga hal, dan mungkin juga beberapa hal. Oleh karena itu, cobalah berfikir dan mencari tahu bahwa kita sebenarnya tidak tahu. Sehingga pengetahuan semakin bertambah dengan diiringi keingintahuan tentunya dan tanpa didasari sikap puas terhadap sesuatu yang diperoleh.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  8. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Semakin tinggi tingkat kemistri kita semakin baik pula kehidupan kita. Mari kita tingkatkan kemistri kita mulai dari kemistri Paling rendah, kemistrinya benda-benda. Diatasnya, kemistrinya sifat atau keadaan. Diatasnya kemistrinya pergaulan. Diatasnya kemistrinya pikiran. Diatasnya lagi kemistrinya hati. Hingga tingkat kemistri spiritual.

    ReplyDelete
  9. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Kemistri juga bisa bermakna sejalan, sepemahaman, sejalur,selaras, seimbang , tidak berat ke kiri dan ke kanan.Setiap benda dan makhluk memiliki kemistrinya masing-masing.Saya ingin bertanya pak,,,bagaimana kemistri dalam cinta menurut pandangan filsafat?Misalnya ada dua insan manusia yang bertemu karena kecocokan.Biasanya orang menyebut ini adalah sebuah kemistri.Bagaimana dengan hal ini?.Wassalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
  10. Arina Husna Zaini
    PEP B S2
    17701251030
    kemistri seperti di paparkan di atas yakni merupakan kecocokan terhadap sesuatu. kecocokan membawa orang kepada kebaikan contoh dan bekerja dan mengerjakan tugas akan lebih maksimal jika bekerjasama atau mengerjakan sesuatu yg sudah menjadi kecocokan hati dan memiliki kemampuan di bidangnya.
    yang saya pahami dr tulisan di atas bahwa kemistri membawa manusia pada amal kebaikan yakni beribadah dan amaliyah dg manusia sesama manusia ataupun manusia dengan Tuhan Nya dengan membersihan hati.
    kemistri menumbuhkan semangat perjuangan, dengan kemistri akan melahirkan ketulusan dalam amal.
    terima kasih

    ReplyDelete
  11. Riandika Ratnasari
    17709251043
    Pascasarjana Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Kemistri menurut saya hubungan yang baik dan dapat terjalin antara dua individu. Berdasarkan pemaparan bapak di atas, kemistri terjadi tidak hanya pada manusia tetapi pada setiap ciptaan-Nya. Tumbuhan dan benda-benda mati seperti (batu, pasir, air) juga memiliki kemistri. Kemistri dapat mengahasilkan sesuatu. Contohnya : tumbuhan berkemistri dan menghasilkan buah. Kemistri dapat terjalin jika mau syarat kemistri yang di sebutkan Bapak Marsigit dilakukan.

    ReplyDelete
  12. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Judul yang sangat menarik. "Kemistri" untuk sebagian muda-mudi seringkali hanya dimaknai sebagai kemistri di antara hubungan percintaannya, bukan?

    Tapi ternyata tidak. Tidak itu saja. Sebagian di dunia ini berkemistri. Wah, air pun dapat erkemistri. Pimpinanpun harus berkemistri. Tidak hanya itu yang ku dapat melalui tulisan ini. Ada pesan, mari kita cari. Benar-benar ada pesan. Mari

    "Syarat berkemistri: niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, sifat baik, senang, kasih sayang, memaafkan, mencari ilmu, mencari kemampuan, mencari metode, tata cara, menggunakansopan santun, bersilaturahim, saling menolong, saling memahami, saling mengenal, saling bersatu dan tidak mencemooh, berpikiran positif dan berprasangka baik, saling merasakan, saling mendoakan, saling membantu, saling menjaga, menahan diri, bertutur kata baik, tidak menyakiti perasaan, menghormati perbedaan dan mencari persamaan, memaklumi kekurangan orang lain, selalu berikhtiar dalam kebaikan"

    ReplyDelete
  13. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    S2 PEP Kelas B 2017

    kemistri bagi saya adalah landasan harmonis, segala sesuatu yang berhubungan jika ada kemistri maka hubungan tersebut akan bersifat positif atau harmonis. Jadi sangat tepat jika dalam tulisan di atas dikatakan bahwa syarat dari kemistri adalah: niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, dan lain sebagainya. Karena secara hirarkis, keharmonisan dilandasi dari kemistri, selanjutnya kemistri dibangun oleh niat.

    ReplyDelete
  14. Jika kita tafsirkan kemistri sebagai adanya persamaan sesuatu antara yang satu dengan yang lain, mereka satu kesatuan yang saling melengkapi, mempunyai visi misi yang sama.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  15. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B

    Judul dari postingan ini "Kemistri", dan ini menarik perhatian saya, apa sih kemistri itu. Yang setau saya kemistri itu adalah kecocokan. Kecocokan dengan maksud memiliki sebuah persamaan, baik dari segi pemikiran maupun tujuan. Saya sangat tertarik di bagian syarat kemistri, karena saya berpikir bahwa kemistri itu tak perlu syarat, cukup dengna hanya sebuah perasaan(feeling). dari potingan ini saya sangat berterimakasih kepada Bapak karena telah menjelaskan apa itu kemistri, manfaat dari kemistri, dan syarat dari kemistri. Sehingga dengan adanya kemistri itu sendiri akan menciptakan sebuah perdamaian daan keindahan dari sebuah hubungan.

    ReplyDelete
  16. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas sharingnya, Pak. Memiliki kesamaan opini, latar belakang pendidikan, budaya atau sosial ekonomi bukanlah syarat terciptanya kemistri. Kemistri justru timbul dari rasa saling memahami, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, berpikiran positif dan berprasangka baik orang - orang yang berbeda tadi untuk menyelaraskan kehidupan mereka.

    ReplyDelete
  17. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B (S2)

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Terimakasih pak atas postingan kali ini mengenai kemistri, saya lebih mengetahui apa sebenarnya kemistri, manfaatnya ketika kita sudah berkemistri terhadap apa pun dan siapa pun serta syarat bagaimana kita dapat membangun kemistri tersebut. Semoga dengn membaca ini saya dapat membangun kemistri dengan baik, karena manfaat kemistri yang sudah kita bangun dan kita dapatkan, menurut saya ini mempunyai dampak yang sangat baik untuk orang yang berada disekitar kita.

    ReplyDelete
  18. Devi Nofriyanti
    17709251041
    Pps UNY P.Mat B 2017

    Ternyata kemistri itu ada banyak sekali ya pak, bukan hanya kemistri antar benda namun juga antar manusia dan lingkungan. Sesuatu yang memiliki kemistri mungkin dapat saya artikan sebagai sebuah kecocokan sehingga dapat menyatukan dua atau banyak hal. Menarik sekali penyampaian manfaat kemistrinya pak. Terima kasih untuk ilmunya ^^

    ReplyDelete
  19. Jika kita lihat ternyata kemistri pun ada tingkatannya. Kemistri yang terendah adalah antar benda. Dan ternyata antar manusia adalah terdapat kemistri tertinggi yaitu sifatnya yang dinamakan ukhuwah. Semoga kita ada pada tingkatan tertinggi kemistri dengan orang-orang yang terdekat dengan kita dan yang kita cintai.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  20. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Ketika pertama mendengar kata kemistri maka kita akan teringat tentang kecocokan. Kata ini sering kita temui di kehidupan sehari-hari yang identiknya hanya tentang percintaan. Namun, Kemistri adalah kecocokan atau memiliki persamaan secara umum. Sehingga semua aspek dalam kehidupan ini dapat dilihat kemistrinya. Misalkan antara sifst-sifat kebaikan. Adapun kemistri dapat berupa benda, hingga yang tertinggi yaitu spiritualitas. Sejatinya manusia dahulu berkemistri dengan surga, kepada Allah. Namun semua itu terganggu oleh setan. Semoga kita senantiasa berkemistri dengan hal-hal kebaikan. Aminn

    ReplyDelete
  21. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Dari percakapan di atas saya memahami apa itu kemistri. Tanpa disadari di dunia ini penuh dengan kemistri-kemistri, pun ada juga yang tidak kemistri. Kemistri yang ada dimulai dari kemistrinya benda-benda, kemistrinya sifat atau keadaan, kemistrinya pikiran, kemistrinya hati dan kemistrinya spiritual. Dengan adanya kemistri, segala sesuatu di dunia ini akan berjalan seimbang dan menghasilkan manfaat pada setiap kemistrinya. Tentunya, suatu kemistri harus dilandasi niat yang ikhlas dan mengontrol ego masing-masing sehingga mencapai kemistri yang dituju.

    ReplyDelete
  22. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Manusia adalah makhluk sosial. Keberadaan manusia sebagai makhluk sosial inilah yang mendasari bahwa kemistri itu penting. Dengan kemistri yang baik, maka tujuan akan mudah dicapai. Dengan kemistri yang baik, permasalahan akan cepat terselesaikan. Dengan kemistri yang baik, ukhuwah akan mudah terjalin. Dengan kemistri yang baik, maka peradaban dunia juga semakin baik.

    ReplyDelete
  23. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    Kemistri dalam kehidupan ini diperlukan agar menjaga kodrat manusia yang hidup saling membutuhkan. Sebagaimana dalm Islam pun perlunya menjaga kemistri, menjaga ukhuwah diperlukan sebagaimana kita dianjurkan untuk menjaga tali silaturahmi. Menjaga kemistri sama halnya menjaga perintah Allah.

    ReplyDelete
  24. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Membaca artikel kemistri ini mengingatkan saya tentang isi artikel berjudul landasan. Sejatinya kemistri adalah kecocokan yang akan membawa banyak manfaat. Namun, kemistri akan terjadi juga jika adal saling mengerti, saling memahami, saling menghargai antar dua obyek atau lebih yang akan membangun kemistri. Kegiatan saling ini tentunya dapat hadir jika masing-masing subyek memiliki landasan yang sama. Landasan positif akan membangun perangai yang positif dan akan membangun kemistri positif dengan subyek lain yang positif pula.

    ReplyDelete
  25. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PMC


    "Kemistri itu cocok, sesuai, sama sifat, sama tujuan, sama kebutuhan, sama judul, sama tema, sama ... , banyak persamaannya, mengutamakan persamaan, mengesampingkan perbedaan." Beberapa faktor yang berperan dalam sebuah kemistry adalah komunikasi mudah dan halus, daya tarik fisik, kepercayaan, dan banyak kesamaan. Ketika faktor-faktor tersebut ada, kemistry berkembang sangat cepat.

    ReplyDelete
  26. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Kemistri merupakan suatu hubungan yang sangat erat dengan hati. Kemistri dapat terjadi ketika dua hati saling terpaut. Baik antara orang tua dan anak, pertemanan, suami istri dan lainnya. Kemistri juga berlandaskan pada kenyakinan, kesamaan dan tujuan. Namun untuk menciptakan suatu kemistri harus memenuhi syarat-syarat mutlak mencapai suatu kemistri.Diantaranya doa, keikhlasan, kesenangan dll.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  27. Tidak ada di bumi ini yang smepurna. Tidak ada yang kesemua isi dunia sesuai dengan angan kita. Tidak ada semua dunia bisa berkemistri. Seperti yang bapak sampaikan, bahwasanya surge tidak akan sampai kapanpun berkemistri dengan neraka, karena keduanya jelas berbeda.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  28. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Kemistri juga dapat diartikan sebagai senyawa. berkemistri berarti saling bersenyawa. Senyawa sendiri adalah zat yang terbentuk dari penggabungan unsur-unsur dengan pembagian tertentu. Tiap senyawa mempunyai sifat-sifat yang berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Seperti pada contoh yang telah Pak Marsigit berikan es yang merupakan benda padat berkemistri menjadi air yang merupakan benda cair

    ReplyDelete
  29. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Kemistri (Chemistry) dapat diartikan ikatan. Benar bahwa segala sesuatu memberntuk ikatan dengan sesuatu yang lain, sedangkan hal yang telah berkemistri bisa saja memiliki anti kemistri dengan kemistri yang lain. Telah dicontohkan Prof Marsigit bahwa amal kebaikan berkemistri dengan surga, kejahatan berkemistri dengan meraka, namun surga tidak dapat berkemistri dengan neraka. Sesuatu yang telah memiliki kemistri berkemistri dengan kemistri yang lain menambah harmoni dalamhidup kita. Sebisa mungkin kita juga harus membangun kemistri dengan hal-hal yang positif. Hal ini dikarenakan kemistri yang terbangun dengan positif akan menyalurkan energi-energi yang positif, sehingga kita dapat terus memperbaiki diri menuju yang lebih positif lagi. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  30. Menarik mengulas syarat berkemistri yangg dipaparkan oleh Prof Marsigit, diantaranya terdapat niat, niat meru[akan prasyarat awal yang menentukan seperti apa yang kita hasilkan kemudian. Jika niat kita baik, maka kita akan mendapatkan hasil yang baik begitu pula sebaliknya. syarat selanjutnya ialah doa. Menurut maqolah, doa ialah senjatanya kaum muslim, dengan doa kita dapat menghadapi segalanya, termasuk menghadapi kaum musyrik. Berbekal niat dan doa, segala sesuatu harus kita landasi pula dengan keikhlasan, karena dengan adanya keikhlasan, maka semua peta dari perbuatan kita akan menjadi identitas. Dalam belajar dan menapaki kehidupan kita tidak dibenarkan berlaku sombong, karena keagungan hanyalah milik Allah SWT. Oleh karena itu, kita diharuskan bersikap rendah hati, karena segala sesuatu secara alamiah mengalir menuju tempat yang labih rendah, jika kita bersikap rendah hati harapanyya ilmu dan kebaikan dapat mengalir menuju diri kita. Dalam membangun suatu ikatan haruslah memiliki kata saling, karena segala yang kita perbuat menyimpan pengharapan agar menjadi sesuatu yang positif, maka kita harus berpikir dan memandang segala sesuatu dengan positif, dalam membangun ikatan hendaknya dibumbui rasa saling menghormati dalam menyikapi persamaan dan yang perbedaan yang ada karena tidak ada yang sempurna maka kita harus senantiasa berpikir positif mengenai segala sesuatunya, memaklumi kekurangan yang dimiliki orang lain dan berlomba-lomba melakukan kebaikan. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  31. Aristiawan
    17701251025
    PEP 2017 B

    Kemistri seringkali dibangun dengan mengedepankan factor persamaan dibandingkan perbedaan. Dari segala jenis kesamaan itu, kesamaan tujuan adalah kesamaan yang perlu dikedepankan. Bila kita sudah memiliki tujuan yang sama, maka segala perbedaan dapat dirawat guna mencapai tujuan bersama tersebut. Karena perbedaan adalah keniscayaan yang tidak mungkin disingkirkan

    ReplyDelete
  32. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Kemistri itu bisa disebut dengan kata “cocok, saling memahami, saling mengisi”. Apabila kemistri tidak ada apa bisa kemistri itu dimunculkan? Bagaimana caranya? Lalu apakah kemistri itu bersifat permanen?

    ReplyDelete
  33. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Syarat Kemistri : niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, sifat baik, senang, kasih sayang, memaafkan, mencari ilmu, mencari kemampuan, mencari metode, tata cara, menggunakansopan santun, bersilaturahim, saling menolong, saling memahami, saling mengenal, saling bersatu dan tidak mencemooh, berpikiran positif dan berprasangka baik, saling merasakan, saling mendoakan, saling membantu, saling menjaga, menahan diri, bertutur kata baik, tidak menyakiti perasaan, menghormati perbedaan dan mencari persamaan, memaklumi kekurangan orang lain, selalu berikhtiar dalam kebaikan.

    Ternyata kemistri itu sangat penting tidak hanya sebagai dua orang yang saling berpasangan namun lebih dari itu. Kemistri sangat penting untuk dibangun dalam setiap hubungan. Kemistri itu dapat dibangun dari diri sendiri. Dasar utama dari membangun kemistri itu adala niat, dengan niat untuk berkemistri dengan orang lain maka kehidupan sosial kita akan menjadi lebih baik. Tentunya semua unsur dari pikiran, hati, perbuatan, dan ucapan kita juga harus mendukung niat baik itu.

    ReplyDelete
  34. Jika berkemistri memiliki metode, yang mana dalam dunia ini memiliki banyak sekali bidang kehidupan, maka dalam berkemistri pun mempelajari hal-hal yang berbeda sesuai dengan bidangnya.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  35. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Ada seorang teman yang selalu dipanggil Limbuk oleh teman lain. Ini yang menarik saya untuk melanjutkan membaca ‘Kemistri’. Saya tidak punya pengertian sebelumnya, mengenai Limbuk dan Cangik. Saya belum pernah mencoba untuk membaca ataupun menikmati wayang. Tentu bukan sembarangan saja Limbuk dan Cangik muncul dalam artikel ‘Kemistri’ ini. Googling sejenak, dan menemukan bahwa ternyata dalam cerita pewayangan, Limbuk dan Cangik adalah dua sahabat , tokoh ‘panakawan’ (sahabat sejati) bagi tokoh putri atau permaisuri. Tokoh yang digambarkan memiliki kesetiaan kepada junjungannya.
    Saya belajar tentang bahasa analog di dalam artikel ini, selain mendapat pengertian mengenai kemistri, yang hendak disampaikan dalam artikel ini.
    Untuk membangkitkan kemistri ini, perlu ada antusiasme yang dibangun. Keikhlasan dan kerendahan hati pihak yang satu dengan yang lain.

    ReplyDelete
  36. Nurika Miftahuljannah
    1770925060
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    Assalamu'alaikum wr. Wb.
    Tidak sedikit orang yang ingin dinilai baik oleh banyak orang, namun mereka tidak melakukan cara agar mereka mendapat penilaian baik dari orang lain. Itu hanya seperti berkhayal. Persepsi itu bernilai subyektif, jadi penilaian antara satu orang dengan orang yang lain berbeda. Namun demikian, persepsi tersebut dapat memiliki titik poin yang sama terhadap apa yang dinilai jika dilihat dari aidut pandang yang sama. Orang akan menilai kita baik apabila dalam bersikap, berbicara, mendengar, bertingkah laku dan lain sebagainya juga baik. Jika kita baik maka akan dinilai baik, tetapi jika kita buruk juga akan dinilai buruk.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  37. Gamarina Isti Ratnasari
    Pendidikan Matematika Kelas B (Pasca)
    17709251036


    Kemistri adalah memiliki kecocokkan, kesesuaian, sama tujuan, dan mengutamakan persamaan. :awan dari kemistri adalah tidak kemistri. Syarat dari kemistri adalah niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, sifat baik, senang, kasih sayang, memaafkan, mencari ilmu, mencari kemampuan, mencari metode, tata cara, menggunakansopan santun, bersilaturahim, saling menolong, saling memahami, saling mengenal, saling bersatu dan tidak mencemooh, berpikiran positif dan berprasangka baik, saling merasakan, saling mendoakan, saling membantu, saling menjaga, menahan diri, bertutur kata baik, tidak menyakiti perasaan, menghormati perbedaan dan mencari persamaan, memaklumi kekurangan orang lain, selalu berikhtiar dalam kebaikan. Sehingga dalam mencapai kemistri tersebut dibutuhkan kekuatan dalam jiwa dan raga untuk menjauhi semua larangan Tuhan dan mendekatkan diri kepada perintah Tuhan.

    ReplyDelete
  38. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Assalamualaikum wr.wb.
    Terimakasih prof. Marsigit atas perbincangan di atas, mengenai sebuah kata yang memiliki makna cukup banyak. Menurut saya, kemistri adalah perasaan cocok dan sesuai antara sesuatu yang saling berpasangan atau sesuatu yang menimbulkan adanya aksi reaksi yang saling berhubungan dan bersesuaian. Benar sekali segala yang dicontohkan oleh Cangik, bahwa kemistri tidak melulu tentang dua orang manusia yang saling memiliki perasaan yang cocok dan serasi sehingga menimbulkan ketentraman dan kesesuaian dalam menjalani hidup. Namun, segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini saling berkemistri tergantung pada ruang dan waktu yang seperti apa. Bagi saya, yang paling terpenting adalah kemistri manusia dengan Allah swt. Ketika kita mampu membangun hubungan yang baik dengan Sang Pencipta, menjalankan apa yang Dia minta dan perintahkan, melaksanakan segala hak dan kewajiban kita sebagai makhlukNya, pasti Allah akan setia dengan kita dan apa yang kita minta akan serasi dan cocok dengan yang diridhoiNya. Kemistri denganNya kita implementasikan dalam bentuk ibadah, maka sebaik-baik ibadah adalah ikhlas, fokus, dan khusu’ hanya untuk Allah. Sedemikian hingga segala aktivitas kita yang Dia ridhoi akan menimbulkan kemistri yang baik hingga menghasilkan sesuatu yang kita harapkan. Amin.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  39. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Ada seorang teman yang selalu dipanggil Limbuk oleh teman lain. Ini yang menarik saya untuk melanjutkan membaca ‘Kemistri’. Saya tidak punya pengertian sebelumnya, mengenai Limbuk dan Cangik. Saya belum pernah mencoba untuk membaca ataupun menikmati wayang. Tentu bukan sembarangan saja Limbuk dan Cangik muncul dalam artikel ‘Kemistri’ ini. Googling sejenak, dan menemukan bahwa ternyata dalam cerita pewayangan, Limbuk dan Cangik adalah dua sahabat , tokoh ‘panakawan’ (sahabat sejati) bagi tokoh putri atau permaisuri. Tokoh yang digambarkan memiliki kesetiaan kepada junjungannya.
    Saya belajar tentang bahasa analog di dalam artikel ini, selain mendapat pengertian mengenai kemistri, yang hendak disampaikan dalam artikel ini.
    Untuk membangkitkan kemistri ini, perlu ada antusiasme yang dibangun. Keikhlasan dan kerendahan hati pihak yang satu dengan yang lain.

    ReplyDelete
  40. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Baru kali ini saya memikirkan makna kemistri sedalam ini. Kata-kata yang biasanya terucap dengan gampangnya ternyata tidak sedangkal yang kita pikirkan. Keselarasan dua hal berbeda yang seperti apa sehingga dapat dikatakan memiliki kemistri. Saya menggarisbawahi pernyataan bahwa kemistri tidak akan terjadi tanpa kerendahan hati, saling menghormati, tidak merasa unggul, tidak merasa minder. Kemistri tidak dapat dipaksakan, tidak dapat di-setting. Bahkan mungkin suatu hubungan tidak akan menyadari bahwa sudah ada kemistri diantara mereka, karena kemistri sangat natural dibarengi keikhlasan hati.

    ReplyDelete
  41. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Kemistri biasa dikaitkan dengan hubungan seseorang dengan orang lain. Setelah membaca postingan bapak diatas, lagi-lagi pengetahuan saya diperluas lagi pak. Kemistri tidak hanya berkaitan dengan hubungan antar manusia, tetapi hubungan antara suatu hal di dunia ini, mulai dari kemistri benda-benda, kemistri sifat, kemistri pergaulan, kemistri pikiran, kemistri hati, dan kemistri spiritual. Hal yang bisa saya tangkap dari postingan diatas, kemistri adalah sebuah sebab dari suatu akibat. Jika sesuatu berkemistri dengan sesuatu yang lain, maka terciptalah hal yang lain lagi yang merupakan akibat dari adanya kemistri tersebut. Adanya suatu hal A adalah akibat dari kemistri beberapa hal yang berhubungan (hal B, C, dll).

    ReplyDelete
  42. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Kemistri sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi. Kemistri ketua dengan anggota, kemistri anggota dengan anggota, kemistri satu sama lain. Organisasi yang didalamnya ada kemistri tentu akan lancar. Jika punya kemistri maka banyak kesamaan dan kecocokan dalam lingkup pikir maupun perbuatan, sehingga meminimalisir friksi di tubuh organisasi. Kemistri dalam organisasi tentu akan muncul seiring berjalannya organisasi, diawali dengan saling mengenal, memahami, saling membantu satu sama lain dan sebagainya, ada banyak cara memunculkan kemistri.

    ReplyDelete
  43. Ternyata kemistri yang ada antar sesuatu memberikan manfaat bagi manusia itu. Di dunia ini terdapat ribuan kemistri yang ada, yang mana hasilnya memberikan manfaat kepada yang lain.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  44. Yolpin Durahim
    17709251029
    Pps. P. Mat B 2017

    Kemistri menurut saya saling terkait atau ada ketertarikan sehingga menimbulkan perasaan nyaman, cocok bahkan hal yang lebih intim. Hasil kemistri pada setiap insan akan membuka tabir siapa diriku dan dirimu lebih intens. Sehingga muncul keakraban dan kemesraan. Bahkan seorang pimpinan yang mencari tenaga kerja baru tidak jarang menentukan pilihan berdasarkan kemistri, kecocokan jiwa pada caranya bersikap, bicara, berpikir bahkan pengalaman-pengalaman yang menarik. Dalam dunia pendidikan, sepantasnya guru menciptakan kemistri di lingkungan sekolah. Maka tidak heran, ada namanya guru yang dirindukan, baik oleh siiswa maupun orang disekitarnya. Saya percaya tentang hukum kemistri yang diproyeksikan pada ketertarikan jiwa. Orang-orang yang baik akan selalu merasa nyaman berdampingan dengan yang baik. Sebaliknya yang buruk akan selalu berdampingan dengan orang buruk. Maka jika kita ingin melihat seperti apa diri kita, lihatlah minimal 10 orang di sekitar kita. Sedikitnya mereka yang sering bersama kita adalah cermin jiwa dari pengaruh kemistri.

    ReplyDelete
  45. Untuk dapat berkemistri ternyata memiliki syarat-syarat tertentu seperti yang dipaparkan oleh bapak. Ternyata semua syarat itu adalah nilai-nilai kebaikan yang harus kita laksanakan dalam kehidupan. Walaupun banyak, dan mungkin kita tidak akan ingat kesemuanya, tapi percayalah jika awalnya kita sudah ber-niat untuk berkemistri, sesungguhnya hati nurani kita mengetahui syarat-syarat tersebut.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  46. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Setelah membaca postingan ini yang saya pahami yaitu ternyata istilah kemistri itu tidak hanya gunakan untuk menggambarkan hubungan antara manusia dengan manusia saja, seperti pemikiran orang awam pada umumnya. Kemistri dalam filsafat ternyata ada tingkatan dan metode dalam kemistri dan untuk menggapai manfaat dari kemistri tersebut memerlukan syarat yang tidak hanya karena ada unsur kecocokan, kesesuaian, kesamaaan dan lain-lain yang mengesampingkan perbedaan tetapi kemistri memerlukan niat, doa, ikhlas, dan seterusnya sebagaimana yang ungkapkan pada postingan ini.

    ReplyDelete
  47. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Secara sederhana, saya memahami kemistri sebagai sebuah hubungan yang cocok dan memperkuat. Dalam kehidupan di dunia sebisa mungkin kita harus membangun kemistri yang sebanyak-banyaknya dengan orang lain atau makhluk lain disekitar kita. Tujuannya jelas untuk saling memperkuat. Misalnya dalam urusan pembelajaran di sekolah, guru harus membangun kemistri yang baik dengan siswanya, begitu pula sebaliknya. Dengan kemistri yang dibangun, kedua belah pihak akan saling memperkuat dan berbagi kebaikan. Guru akan paham apa yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran untuk membuat siswanya paham, sedangkan dengan siswa akan lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru.

    ReplyDelete
  48. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Untuk mencapai sebuah kemistri kita harus memiliki epoche. Berani memposisikan diri sebagai orang lain untuk melihat sudut pandang yang berbeda dalam suatu pertentangan. Melihat perbedaan bukan sebagai sesuatu yang perlu ditumpas, tetapi sebagai kekayaan yang patut disyukuri. Dalam pemikiran yang seperti ini akan ada kemistri, yang akhirnya membawa kedamaian dalam hidup.

    ReplyDelete
  49. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    S2 P.Mat C 2017

    kemistri itu saling nyambung, ada hubungan yang saling terkait. Dalam bahasa Sains kemistri atau Chemistry itu adalah sebuah komposisi kimia. Sama halnya dalam sebuah hubungan Kemistri itu dibutuhkan untuk melngkapi satu sama lain, menjadi sebuah komposisi yang padu.

    ReplyDelete
  50. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Kemistri layaknya kecocokan antara benda dengan benda, manusia dengan manusia, hewan dengan hewan, dll. Jika tidak ada kemistri, mungkin akan saling ada pertentangan. Sesuai dengan artikel di atas, salah satu syarat untuk membangun kemistri adalah tidak egois agar kita tidak mementingkan diri sendiri tetapi juga menghargai kepentingan orang lain.

    ReplyDelete
  51. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B

    apapun yang kita pelajari atau apapun ilmunya akan berkemstri dengan baik jika kita mencarinya dengan baik pula. selayaknya minyak dan air yang tak pernah bersatu kebaikan tidak mungkin berkemistri dengan keburukan. maka dari itu untuk menarik kemistri pada kebaikan kita haru berbuat kebaikan.

    ReplyDelete
  52. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof, Dalam bahasa Sains kemistri atau Chemistry itu adalah sebuah komposisi kimia. Sama halnya dalam sebuah hubungan Kemistri itu dibutuhkan untuk melngkapi satu sama lain, menjadi sebuah komposisi yang padu. Kemistri adalah sebuah misteri hati yang kita gak pernah tau kapan datangnya.

    ReplyDelete
  53. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Kemistri, dari ulasan ini saya belajar bahwa melalui kemistri dapat tercipta keselarasan, kesimbangan dan keharmonisan kehidupan. Sebuah kemistri dapat dibangun jika kita mampu mengutamakan kesamaan dan mengesampingkan sebuah perbedaan. Oleh karena itu marilah kita bangun kemistri dengan lingkungan kita agar mampu menciptakan keselaran dan keharmonisan kehidupan. Terimakasih

    ReplyDelete
  54. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Kemistri dapat dipahami sebagai mengutamakan persamaan, dan mengesampingkan perbedaan. Maka kemistri merupakan hal penting yang dibutuhkan bangsa Indonesia dimana terdapat begitu banyak keanekaragaman. Keanekaargaman tersebut akan menjadi bencana ketika kita sebagai rakyat Indonesia tidak mampu menumbuhkan kemistri dalam kehidupan bermasyarakat. Maka agar kehidupan bermasyarakat damai dan tenang masing-masing dari kita harus berusaha untuk menumbuhkan kemistri. Hal tersebut dapat terapai dengan niat, do'a, ikhlas, serta senantiasa berpikiran dan berperilaku baik terhadap orang lain. Sebaliknya apabila kita malah selalu berpikiran negatif terhadap orang lain, berperilaku buruk pada orang lain maka tidak akan terbangun kemistri pergaulan dalam kehidupan bermasyarakat kita. Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan kita untuk membangun kemistri di negeri ini agar Indonesia senantiasa damai. Amin.

    ReplyDelete
  55. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- Pascasarjana
    17701251037

    Dalam kimia, air dan minyak tidak dapat menyatu karena tidak berkemistri. Air bersifat polar sedangkan minyak bersifat non polar. Saya setuju dengan pendapat Cangik bahwa seperti air dan minyak, kebaikan pun tidak berkemistri dengan keburukan. Jika ingin "bereaksi" dengan orang baik, maka diri pun harus menjadi baik. Dan cara menjadi orang baik adalah dengan berkemistri dengan kebaikan.

    ReplyDelete
  56. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Kemistri itu keiklasan, tanpa adanya keiklasan kemistri itu bisa hilang. Meskipun sesorang berkemistri dengan yang lainnya, bukan berarti akan selalu sejalan. Terkadang terjadi gesekan antara sesama manusia, ini dikarenakan kemistri itu sendiri tergantung ruang dan waktu. Kemistri bisa memudar ataupun hilang, karena manusia itu selalu berubah.

    Kemistri itu sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Dengan kemistri manusia basa hidup berdampingan satu sama lain. Kemistri yang sesungguhnya itu datang dari hati yang murni dan ikhlas, tanpa dilandasi hati yang murni dan ikhlas hanya akan ada saling memanfaatkan satu sama lain.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  57. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Kemistri adalah kecocokan atau kesamaan. Kemistri akan melahirkan kedamaian, kenyamanan, kemajuan, lancarnya urusan, murahnya rezeki, kebahagiaan, pahala, rasa saling melengkapi, dan rasa syukur. Kemistri bukan diperoleh karena kesamaan jabatan, keturunan, harta, ilmu, dan kekayaan. Tetapi seperti yang telah dijelaskan dalam postingan di atas, bahwa kemistri akan diperoleh dari niat, doa, serta hati yang bersih nan ikhlas. Oleh karena itu, milikilah niat, doa, serta hati yang bersih lagi ikhlas agar apa saja yang ada di sekitar kita akan berkemistri dengan diri kita sehingga akan menimbulkan kebahagiaan, kedamaian, dan kenyamanan.

    ReplyDelete
  58. Insan A N/PPs Pm C 2017
    Jika diaplikasikan dalam pembelajaran matematika di sekolah, seorang guru harus mempunyai kemistri pikiran dengan siswanya. Guru harus berkemistri secara konsisten dengan siswanya. Hal logisnya, guru dalam mengajarkan materi harus sesuai jalan pikiran siswa, bukan dengan jalan pikiran guru.

    ReplyDelete
  59. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Melalui percakapan tadi, saya menjadi memahami bahwa sesungguhnya kemistri itu dapat terjadi dalam hal apapun dan sangat penting dalam kehidupan kita. Jika kita mampu membentuk kemistri maka kehidupan akan mulus, akan harmonis, akan terjadi kebaikan. Sehingga kita pun harus berusaha untuk membangun kemistri yang baik dengan siapapun termasuk dengan Tuhan agar kehidupan kita berjalan mulus, harmonis dan berjalan pada kebaikan sesuai dengan perintahNya. Sekian dan Terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  60. Kemistri adalah suatu romansa penikmat rasa yang masih mempercayai rasa yang tercipta
    Tiba2 saya teringat bagaimana pertemuan saya dengan sahabat pena saya
    Ia mengatakan "kemistri" saya mengatakan "takdir"
    Relatif bagaimana kita menyikapi kemistri itu, berdamai dengan diri dan membuka diri untuk masa depan. Untuk menjadi kemistri yang hadir atau bahkan elegi keliru kembali hadir


    Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    ReplyDelete
  61. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Dalam pengetahuan saya kemistri, berasal dari kata "chemistry", dalam pembelajaran kimia, bisa diartikan suatu ikatan rantai, begitupula kemistri dalam kehidupan, dengan memiliki suatu kemistri kita meliki ikatan terhadap suatu hal tersebut. Misalnya kemistri antara guru dan murid, ketika dalam pembelajaran nampak siswa mnegerjakan suatu soal dengan terbata-bata, tengok kanan tengok kiri, gelisah dalam mengerjakan soal tersebut, bisa jadi siswa tersebut belum paham tentang materi yang dipelajari.

    ReplyDelete
  62. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Kemistri menurut saya dalah terbuka. Terbuka menerima persamaan dan perbedaan terhadap hal tertentu termasuk pada diri sendiri. Apabila seseorang mampu menggapai kemistri yang rendah maka akan memudahkannya untuk menjalin kemistri yang lebih tinggi. Dan setinggi-tingginya kemistri adalah kemistri dengan sang khalik. Kemistri akan melahirkan harmonisasi kehidupan. Maka untuk mampu berkemistri, harus diawali dengan niat dan dilandasi dengan kebaikan hati dan pikiran.

    ReplyDelete
  63. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kemistri dapat timbul ketika adanya kecocokan dan ketertarikan kita terhadap sesuatu atau seseorang. Kemistri juga penting bagi seseorang yang ingin menjadi seorang pemimpin, karena dengan kemistri seseorang tersebut terlihat lebih beribawa dan bijaksana, walaupun terkadang kemistri tidak selalu sejalan dengan kenyataan.

    ReplyDelete
  64. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Kemistri dapat diartikan sebagai kesesuaian atau kecocokan, baik dalam arti fisik, sifat, mauun pikiran. Segala yang ada di dunia ini setengahnya merupakan kemistri, mulai dari sesama benda mati, antara benda mati dan benda hidup, antar benda hidup, bahkan antara manusia dengan tuhannya. Manfaat dari kemistri ialah terciptanya kerukuna, keharmonisan, perkembangan, dan perbaikan di kehidupan ini.
    Salah satu syarat kemistri yang sangat menarik perhatian saya ialah adanya sifat toleransi antar sesame manusia agar tercipta kemistri social berupakerukunan dan persatuan. Namun saat ini, banyak kasus menunjukkan adanya kejadian yang berlawanan dari pernyataan tersebut. Contohnya, sesama pelajar tawuran gara-gara berbeda pendapat. Antar warga daerah bersengketa hanya karena perbedaan budaya. Bahkan penguasa menindas rakyatnya dengan cara mengumpulkan uang yang bukan miliknya. Seharusnya kita malu terhadap makhluk tak berakal seperti tumbuhan dan burung-burungyang dapat berkemistri dalam kehidupan sosialnya. Tetapi justru karna memiliki akal malah meniadakan kemistri di antara sesamanya.

    ReplyDelete
  65. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Kemistri artinya adalah adanya hubungan yang mutualisme atau kecocokan yang saling menguntungkan. Kemistri perlu dibangun antara guru dan siswa dalam pembelajaran supaya proses transfer of knowledge dapat tersampaikan dengan baik. Cara membangun kemistri tersebut antara lain, guru dapat mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswnya. Jika siswa-siswa memiliki kecerdasan interpersonal yang baik, guru dapat sering-sering menerapkan model pembelajaran cooperative learning di kelas. Jika siswa memiliki kecerdasan naturalis yang baik, guru dapat melakukan outdoor class activity. Untuk mencapai kemistri yang baik, siswa sendiri juga harus memahami karakter gurunya dengan baik. Sebaiknya siswa menjauhkan dari hal-hal atau tingkah laku yang menyakiti gurunya, seperti ramai sendiri, membuat kegaduhan di kelas, tidak sopan, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  66. Metia Novianti
    17709251021
    P.Mat A S2 2017

    Seperti yang telah bapak tuliskan dalam artikel di atas, kemistri itu cocok, sesuai, sama sifat, sama tujuan, banyak persamaannya dan lain sebagainya. Setiap makhluk yang Tuhan ciptakan memiliki kemistri, baik yang ada dan yang mungkin ada. Kita harus membangun kemistri antar sesama makhluk karena kemistri memiliki manfaat agar tercipta toleransi dan relasi yang baik. Apalagi di tengah masyarakat kita yang saat ini sangat sensitif terhadap toleransi. Sebaiknya kita saling memupuk kemistri yang baik agar tecipta kerukunan dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat.

    ReplyDelete
  67. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Kemistri bisa diartikan sebagai sebuah kecocokan, kata ini juga populer dipakai dalam konteks interaksi dan hubungan antar manusia, dengan pengertian seperti: kesesuaian secara kimiawi antar dua orang sehingga mereka merasakan kenyamanan dan kecocokan bila berdekatan atau bersama-sama. Kecocokan kemistri tumbuh dengan sendirinya, namun dalam kondisi tertentu, keocokan kemistri bisa ditumbuhkembangkan.

    ReplyDelete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kemistri merupakan koneksi istimewa antar pasangan yang mungkin bagi orang luar terlihat biasa-biasa saja atau bahkan beberapa diantaranya terlihat seperti tidak cocok tapi entah bagaimana keduanya selalu menemukan cara untuk kembali ke pasangan tersebut. Mereka menyebutnya karena telah memiliki kemistri. Kemistri menurut saya sifatnya resiprokal atau berbalas. Harus datang dari kedua belah pihak, terkadang ketika sudah menemukan kemistri bahkan hal tidak penting bisa membuat keduanya merasa terkoneksi dan merasa saling memahami. Pada akhirnya kecocokan kecil bisa mengalahkan ketidakcocokan lain yang berkaitan dengan kebiasaan, watak, apalagi fisik.

    ReplyDelete
  70. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Kemistri berkaitan dengna kecocokan. Kemistri tidak hanya diartikan dalam sebuah hubungan saja. Namun dapat dilihat juga pada perbuatan. Misalnya jika diibaratkan kemistri dengan keselarasan, maka dapat diartika dengan kesuaian perbuatan dengan ucapan. Jadi semuanya itu tergantung dengan bagaimana kita memahami makna dari kemistri tersebut.

    Demikian, terimkasih.

    ReplyDelete
  71. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Kemistri merupakan kecocokan, kesesuaian, kesamaan sifat, kesamaan tujuan dan. Kemistri sendiri dapat dibangun oleh subjek kemistri, namun kemistri juga dapat muncul secara alamiyah atau tidak perlu di bangun karena kemistri nya sudah ada. Sebagai contoh, ketika seseorang kekurangan darah 0 maka yang ia hanya dapat menerima donor dari golongan darah 0. Itulah kemistri yang sudah alamiyah. Hal ini dapat dikatakan tingkatan paling rendah kemistri. Untuk kemistri yang tingkatan nya lebih tinggi seperti hubungan manusia dan manusia atau benda hidup dengan benda hidup maka dapat dibangun. Sebuah istilah jawa witing tresno jalaran soko kulino, artinya bahwa hubungan kasih sayang dapat muncul karena seringnya bertemu atau bersama. Jadi suatu kemistri ini muncul karena subjek subjek bersama dan saling berinteraksi sehingga memunculkan kecocokan, kesesuaian, kesamaan tujuan dsb.

    ReplyDelete
  72. Junianto
    PM C
    17709251065

    Kemistri bisa sayamaknai sebagai sebuah ikatan kuat antara dua hal atau lebih. Karena berikatan maka kedua hal atau lebih ini memiliki kesamaan atau kemiripan. Dimisalkan dalam elegi ini adalah kemistri antara es dengan air. Es dan air memiliki beberapa kesamaan karena kedua benda ini sebebnarnya hanya berbeda wujudnya saja namun penyusunnya sama yaitu air. Es juga bisa menjadi air jika dipasakan sedangkan air bisa menjadi es jika didinginkan. Inilah yang disebut sebagai kemistri antara dua benda, ada kesamaan antara keduanya.

    ReplyDelete
  73. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dilihat dari arti kata kemistri di atas, maka dapat dikaitkan dengan kecocokan, keselarasan, atau berhubungan dengan baik, dll. Dalam pelaksanaannya, maka adanya kemistri menandakan bahwa adanya hubungan yang baik antara sesama manusia. Maka semakin baik kemistrinya maka sebaik pula hubungan yang terjalin. Tidak hanya hubungan manusia, namun segala yang ada dan yang mungkin ada bisa dihubungkan atau dikemistrikan dengan tingkatan yang berbeda-beda.

    ReplyDelete
  74. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Kemistri itu sangat penting bagi sebuah relasi/hubungan. Tanpa adanya kemistri maka kerja kita akan terganggu. Kemistri sangat mempengaruhi hasil kerja tim. Misalkan dalam sebuah pertunjukkan drama, kemistri antar pemain sangat dibutuhkan. Sama halnya dalam pembelajaran harus ada kemistri antara guru dan siswa sehigga terjalin suatu keharmonisan dan mampu mencapai tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  75. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Kemistri dibangun guna membuat antara manusia di dunia ini merasakan keromantisan dalam berhermeneutika dalam hidup mereka. Kemistri akan sulit dibangun jika tidak adanya sikap saling menghargai satu sama lain. oleh karenanya, akan menjadi hal yang lumrah jika suatu kemistri antar sesama itu tidak ada karena tidak adanya saling menghormati antar sesama juga. Kemistri akan terbangun jika adanya toleransi antar sesama juga.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  76. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Kemistri dalam kehidupan ini diperlukan agar menjaga kodrat manusia yang hidup sebagai makhluk sosial dimana antar manusianya saling membutuhkan. Dalam Islam pun perlu menjaga kemistri yakni dengan menjaga ukhuwah dimana kita dianjurkan untuk menjaga tali silaturahmi. Menjaga kemistri sama halnya menjaga perintah Allah untuk saling bersilaturahmi dan tolong menolong dalam kebaikan

    ReplyDelete
  77. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Kemistri juga dapat diartikan sebagai senyawa. berkemistri berarti saling bersenyawa. Senyawa sendiri adalah zat yang terbentuk dari penggabungan unsur-unsur dengan pembagian tertentu. Tiap senyawa mempunyai sifat-sifat yang berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Seperti pada contoh yang telah Pak Marsigit berikan es yang merupakan benda padat berkemistri menjadi air yang merupakan benda cair

    ReplyDelete
  78. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    yang saya bayangkan ketika pertama mendengar kata kemistri meurpakan suatu rasa yang cocok atau adanya suatu hubungan kecocokan dari satu atau lebih hubungan. adanya kemistri menandakan bahwa hubungan itu selaras dan saling cocok, keselarasan dan kecocokan suatu hubungan menyebabkan adanya saling-saling dalam kehidupan. saling membantu, saling menghargai saling menghormati satu dengan yang lain, sehingga terciptanya keadaan yang harmonis.

    ReplyDelete
  79. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Kemistri merupakan sesuatu yang harus kita kembangkan dan kita pupuk. Dengan kemistri kita akan bersatu dan mengesampingkan perbedaan. Dengan kemistri kehidupan bermasyarakat akan menjadi damai karena tidak ada gesekan-gesekan yang terjadi. Kemistri ini harus ditumbuhkan dalam hati masing-masing individu dengan senantiasa berpikiran positif. Dengan pikiran positif kita tidak akan menganggap perbedaan sebagai sesuatu yang buruk tetapi menganggapnya sebagai sesuatu yang saling melengkapi.

    ReplyDelete
  80. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Dahulu saya memahami kemistri itu seperti ada ketertarikan yang mengarah kepada adanya ikatan. Karena sebelumnya saya hanya memahami kemistri antara manusia dengan manusia. Misalnya deorang mahasiswa dan dosen pembimbingnya, jika masing-masing saling cocok dan mempunyai kemistri, maka mereka akan menjadi parter yang baik dan menghasilkan penelitian yang bagus dan saling melengkapi dan saling sharing

    ReplyDelete
  81. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Kemistri itu ikatan, kemistri itu kecocokan. Kemistri itu mengacu pada hubungan. Kemistri itu harus ada ilmunya dan harus dipelajari. Baik itu kemistri antara banda-benda maupun kemistri dalam kehidupan manusia. kemistri yang baik itu dapat menciptakan berbagai hal yang baik pula, sedangkan kemistri yang buruk itu mengakibatkan hal yang buruk pula. Seperti dalam kehidupan bermasyarakat, kita harus menjaga kemistri dengan tetangga, atau hidup kita akan terasing dan tidak akan tenang.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  82. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    kemistri dapat diartikan sebagai kecocokan sehingga dapat menyatukan dua hal atau lebih. ketika dari tulisan tersebut dapat kita ketahui bahwa hal positif akan berkemistri dengan hal posisitf juga. dari sini bisa kita terapkan untuk menarik hal-hal positif dari lingkungan dengan bersikap positif. mungkin dapat saya hubungkan juga dengan masalah jodoh, bahwa wanita yang baik adalah untuk lelaki yang baik. kemistri merupakan hukum alam yang diberikan Allah swt.

    ReplyDelete
  83. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Kemistri biasanya dikalangan remaja di artikan sebagai perasaan nyambung dengan seseorang atau aura ketertarikan orang kepada lawan jenis atau pasangannya sehingga memunculkan rasa kecocokan dan suka diantara keduanya. Tidak adanya kemistri satu sama lain dapat menyebabkan hubungan bisa berhenti begitu saja/tidak cocok. Sehingga kemistri ini harus dibangun dimanapun kita berada, agar bisa terciptanya kecocokan, tercapainya tujuan dalam organisasi dan lain-lain.

    ReplyDelete
  84. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika C

    Assalamualaikum.wr.wb

    Semua hal dapat dengan mudahnya berinteraksi, namun dari semua interaksi itu tidak semuanya cocok dan akan menghasilkan dampak yang positif. jika interaksi tersebut menghasilkan dampak yang positif, maka disebut kemistri. dapat juga disebnut cocok.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  85. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika C

    Assalamualaikum.wr.wb

    kemistri dapat terjadi secara instant. ada hal-hal yang walaupun tanpa adanya usaha lain dari luar dapat saja cocok. namun ada hal-hal lain yang tidak ada kemistri dari awalnya. kemistri itu ada syaratnya, niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, sifat baik, senang, kasih sayang, memaafkan, mencari ilmu, mencari kemampuan, mencari metode, tata cara, menggunakansopan santun, bersilaturahim, saling menolong, saling memahami, saling mengenal, saling bersatu, dan lain sebagainya, intinya adalah menghilangkan keegoisan dan kepentingan diri sendiri dan lebih memikirkan kepentingan bersama adalah inti syarat darib kemistri.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  86. M. Zainudin
    16701261019
    PEP
    Bagaimana makna kemistri dalam kimia?

    ReplyDelete
  87. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Kemistri adalah kecocokan. Biasanya kata kemistri selalu berkaitan dengan hubungan. Kemistri antar pasangan, teman, sahabat, guru, keluarga dll akan berpengaruh dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh mereka. Kemistri yang paling sering terlihat adalah dalam film atau drama, jadi kemistri yang dibangun oleh pemeran harus baik agar dapat menarik minat para penonton. Selain itu apabila kemistrinya baik maka akan membuat penonton dapat larut dalam alur cerita yang dimainkannya. Maka dari itu untuk membangun suatu kemistri yang baik maka perlu untuk memenuhi syarat-syarat berkemistri dengan baik. Jangan sampai kita mengharapkan memiliki kemistri yang baik dengan teman kita jika untuk menghargai dan memaafkan saja susah dilakukan. Semua pasti ada hubungan timbal baliknya, makadari itu apabila kita ingin dihargai kita juga perlu menghargai orang lain.

    ReplyDelete
  88. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  89. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Kemistri adalah kecocokan yang mengutamakan persamaan dan mengesampingkan perbedaan. Kemistri biasanya sering dikaitkan dengan anak muda. Anak muda yang memiliki kemistri biasanya mereka menjadi pasangan suami istri. Dalam hal ini anak muda tersebut awalnya memiliki kemistri hati atau perasaan bisa menghasilkan kebahagiaan bagi mereka. Nah, kebahagian itu yang membuat mereka berkemistri menjadi suami istri. Untuk membangun sebuah kemistri yang baik maka harus memenuhi syarat berkemistri. Syarat berkemistri adalah niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, sifat baik, senang, kasih sayang, memaafkan, mencari ilmu, mencari kemampuan, mencari metode, tata cara, menggunakansopan santun, bersilaturahim, saling menolong, saling memahami, saling mengenal, saling bersatu dan tidak mencemooh, berpikiran positif dan berprasangka baik, saling merasakan, saling mendoakan, saling membantu, saling menjaga, menahan diri, bertutur kata baik, tidak menyakiti perasaan, menghormati perbedaan dan mencari persamaan, memaklumi kekurangan orang lain, selalu berikhtiar dalam kebaikan.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  90. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Dari artikel di atas saya dapat belajar bahwa segala bentuk kemistri sebenarnya mempertimbangkan sifat baik buruknya suatu unsur, karena yang berunsur baik tidak akan berkemistri dengan yang berunsur buruk. Sehingga jika ingin membangun suatu kebaikan, maka haruslah berkemistri dengan hal-hal yang baik dan positif pula.

    ReplyDelete
  91. Endar Chrisdiyanto
    15301244011
    Pendidikan Matematika A 2015
    Kemistri itu kecocokan, kesesuaian , memiliki tujuan sama dan juga diantara keduanya saling membutuhkan serta berkaitan. Semua yanng ada dibumi ini saling berkaitan, slaing berhungan dan juga saling kemistri. Kemistri dimulai dari niat, doa , tidak eois , rendah hatii slaing menolong dan juga berusaha bersam-sam untuk mencapai tujuan bersama. Dan kerrjasama dan berusaha maka khemistri akan terbentuk.

    ReplyDelete
  92. Puspitarani
    15301244008
    Pendidikan Matematika A 2015
    Terima kasih Bapak atas artikel berjudul kemistri yang sudah bapak share kepada saya.Seperti yang telah bapak tuliskan dalam artikel di atas, kemistri itu cocok, sesuai, sama sifat, sama tujuan, banyak persamaannya dan lain sebagainya. Setiap makhluk yang Tuhan ciptakan memiliki kemistri, baik yang ada dan yang mungkin ada. Kita harus membangun kemistri antar sesama makhluk karena kemistri memiliki manfaat agar tercipta toleransi dan relasi yang baik. Apalagi di tengah masyarakat kita yang saat ini sangat sensitif terhadap toleransi. Sebaiknya kita saling memupuk kemistri yang baik agar tecipta kerukunan dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat. kemistri, saya sering mendengar kata kemistri dalam suatyu hubungan. baik hubungan pacaran atau hubungan suami istri. ketika ditanya kriteria calon suamimu seperti apa? saya jawab yang membuat saya nyaman, seiman, dan punya kami punya kemistri. jadi kemistri disini dapat saya artikan sebagai suatu kecocokan/kesesuaian, satu tujuan, satu visi, satu misi.kemistri dalam sebuah hubungan itu bukanlah untuk dicari hingga kita menemukan kemistri yang cocok satu sama lain, melainkan kemistri itu harus dibangun agar kita dapat saling melengkapi .

    ReplyDelete
  93. Febriana Putri Hutami
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241007
    Kemistri dapat diartikan sebagai kecocokan. Setiap makhluk yang diciptakan Allah SWT memiliki kemistri. Manfaat adanya kemistri ini dapat untuk menciptakan kehidupan yang rukun dan harmonis. Syarat dari kemistri ini antara lain toleransi dan tidak egois. Sayangnya manusia yang dikaruniai akal dan budi, masih sulit menjalin kemistri. Masih banyak manusia yang mengejar keuntungan pribadi dan menjunjung tinggi sifat egoisnya. Berbeda dengan perilaku semut. Semut adalah binatang, namun kemistri yang tercipta antar semut itu tinggi. Semut-semut menghargai dan menghormati satu sama lain, selalu bergotongroyong, dan melakukan sesuatu demi keuntungan bersama. Manusia perlu belajar dari hal-hal kecil, seperti tingkah laku semut, untuk dapat meningkatkan kemistri.

    ReplyDelete
  94. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    Pendidikan Matematika A 2015/S1
    15301241046
    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Kemistri merupakan kecocokan, dalam suatu hubungan diperlukan kemistri yang kuat agar hubungan tersebut tetap langgeng berjalan. Baik hubungan suami-istri, pertemanan, pengajar-peserta didik dan lain sebagainya, membutuhkan kemistri. Untuk membangun kemistri satu sama lain memang dibutuhkan niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, sifat baik, senang, kasih sayang, memaafkan, mencari ilmu, mencari kemampuan, mencari metode, tata cara, menggunakansopan santun, bersilaturahim, saling menolong, saling memahami, saling mengenal, saling bersatu dan tidak mencemooh, berpikiran positif dan berprasangka baik, saling merasakan, saling mendoakan, saling membantu, saling menjaga, menahan diri, bertutur kata baik, tidak menyakiti perasaan, menghormati perbedaan dan mencari persamaan, memaklumi kekurangan orang lain, selalu berikhtiar dalam kebaikan. Setelah kemistri didapatkan tentu hubungan yang dibangun akan senantiasa menimbulkan kebahagiaan dan kenyamanan.

    ReplyDelete
  95. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Menurut Aristoteles manusia merupakan makhlus zoon politicon (makhluk sosial). Dalam kehidupannya sebagai makhluk sosial manusia selalu mengadakan interaksi. Dalam interaksi yang dilakukan oleh manusia baik dengan sesama manusia, dengan lingkungannya diperlukan kemistri. Kemistri yang dibangun dengan baik pada sebuah interaksi dalam kehidupan manusia dapat membuat kehidupan manusia semakin baik. Kemistri yang baik dengan sesama manusia dapat mengurangi perdebatan, perselisihan yang dapat berujung pada konflik sosial. Kemistri yang baik dengan lingkungan sekitar, misalnya dengan alam dapat membuat manusia terhindar dari bebagai macam musibah atau bencana alam yang disebabkan karena ulah-ulah tidak baik dalam kehidupan manusia. Dari aritkel Prof.Marisigit kebaikan berkemistri dengan kebaikan, tetapi kebaikan tidak dapat berkemistri dengan keburukan. Hal ini dapat kita lihat contohnya dalam mencari pasangan hidup sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. An Nur ayat 26. Yang artinya “wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji pula, dan wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita yang baik pula”.

    ReplyDelete
  96. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Kemistri adalah kesesuaian. Sesuatu yang sesuai akan menciptakan hal baru yang lebih indah. Kemistri yang dimaksud di sini sudah pasti kemistri yang positif sehingga dapat menimbulkan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Saya sependapat dengan pendapat bapak tentang kemistri orang dengan sifatnya yang kemudian disebut sebagai ukhuwah. Dalam islam, ukhuwah diartikan sebagai hubungan persaudaraan antar muslim. Jika semua umat muslim menyadari adanya kemistri diantara mereka, sudah pasti tidak ada perbedaan maka akan terjadi keselarasan dan menghilangkan perpecahan di antara umat. Oleh sebab itu sesame muslim seharusnya menjalin ukhuwah yang baik agar senantiasa bermanfaat bagi sesama.

    ReplyDelete
  97. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Seperti yang disampaikan oleh tokoh Cangik, kemistri dapat diartikan sebagai kecocokan, kesesuaian, kesamaan sifat, kesamaan tujuan, kesamaan kebutuhan, kesamaan judul, kesamaan tema dan kesamaan-kesamaan lainnya dengan mengutamakan persamaan namun mengesampingkan perbedaan. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menemukan kemistri, misalnya dalam pergaulan, kehidupan muda-mudi, dan lain sebagainya. Kemistri ini memberikan manfaat, sesuai konteks dimana kemistri tersebut terjalin. Misalnya dalam pergaulan maka akan membrikan manfaat perdamaian, kemistri muda-mudi bisa menjadi suami isteri. Agar terwujud kemistri, seperti yang disampaikan tokoh Cangik, yaitu harus didasari dengan nita, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak sombong serta sifat-sifat kebaikan lainnya.

    ReplyDelete
  98. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    Kemistri dapat diartikan sebagai kesesuaian/ kecocokan. Hal yang baik dapat berkemistri dengan hal yang baik. Tapi hal yang baik, tidak dapat berkemistri dengan hal yang buruk. benar apa yang dikatakan cangik bahwa kemistrinya orang dengan sikapnya disebut ukhuwah. Ada tiga macam ukhuwah, pertama wathaniyah yaitu persaudaraan dalam keturunan/ kebangsaan. kedua, insaniyah berarti seluruh umat manusia adalah bersaudara, karena mereka semua berasal dari seorang ayah dan ibu. Rasulullah Saw. juga menekankan lewat sabda beliau, "Jadilah kalian hamba Allah yang bersaudara. Hamba-hamba Allah semuanya bersaudara". yang ketiga Islamiyah yaitu Persaudaraan antar sesama muslim.

    ReplyDelete
  99. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Seperti yang telah dituliskan pada artikel diatas, kemistri dapat diartikan kecocokan, kesesuaian, mempunyai tujuan yang sama, sifat yang sama dan lain-lain tergantung dari sudut pandangnya. Saya sangat setuju dengan Prof bahwa syarat berkemistri adalah niat, doa, ikhlas, tidak egois, saling memahami, berpikiran positif dan berprasangka baik, menghormati perbedaan dan mencari persamaan, memaklumi kekurangan orang lain. Karena pada dasarnya setiap manusia diciptakan berbeda-beda. Oleh karena itu kita harus saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Adanya perbedaan bukanlah suatu hambatan, tinggal bagaimana kita menjadikan perbedaan itu untuk saling menguatkan, menghargai dan memahami.

    ReplyDelete
  100. Julialita Muhariani
    15301241004
    Pendidikan Matematika A 2015

    Kemistri berkaitan dengan suatu hubungan, dapat berupa kesesuaian (kecocokan) ataupun ketidaksesuaian (tidak cocok). Segala yang ada di dalam kehidupan ini sudah ada pasangannya masing-masing. Jika sesuatu di kemistrikan dengan sesuatu yang lain, namun ternyata itu bukan pasangannya, maka akan terjadi ketidaksesuaian. Begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, dalam menjalani hidup ini kita tidak boleh memaksakan sesuatu hal harus terjadi semata-mata hanya karena keinginan kita seorang.

    ReplyDelete
  101. Alvi Khoirunnisak
    15301241012
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Kemistri, berati kecocokan. Mengesampingkan persamaan daropdar perbedaan. Kemistri pun ada tingkatannya. Mulai dari kemistri antar benda sampai kemistri antar dua orang atau lenih.
    Jika ada kemistri dalam setiap hal yang dilakukan, tentu orang yang melakukan hal tersebut akan merasa senang. Dan ketika sudah senang, tentu tanpa sadar akan merasa ikhlas. Maka, kemistri menjadi perlu sebagai bentuk awal dari ikhlas. Sebagai latihan awal membentuk karakter ikhlas.
    Dengan kemistri juga, dapat meningkatkan rasa saling peduli.
    Manusia berkemistri dengan lingkungan sekitar misalnya. Tentu manusia akan sangat menyayangi lingkungannya karena memiliki kemistti
    Jika belum ada kemistri, bisa dilatih menurut saya. Dengan membiasakan diri.
    Namun, jangan membiasakan diri untuk memiliki kemistru dengan sesuatu yang tidak baik atau menimbulkan dosa.

    ReplyDelete
  102. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Kemistri merupakan suatu kecocokan, sesuai, sama sifat, sama tujuan, sama kebutuhan, dan lain sebagainya. Kemistri mengutamakan persamaan dan mengesampingkan perbedaan. Kemistri dapat diartikan berbagai macam hal tergantung sudut padangnya. Ada kemistri benda-benda, kemistri sifat atau keadaan, kemistri pergaulan, kemistri pikiran, kemistri hati, kemistri spiritual dan Kemistri orang dengan sifatnya dapat dikatakan sebagai ukhuwah. Dari semua itu pastilah perlu adanya kemistri, misal kecocokan golongan darah, kecocokan pasangan, dan lain sebagainya. Saya juga setuju dengan yang dikatakan cangik bahwa syarat berkemistri itu adalah niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, sifat baik, dan lain sebagainya. Tanpa adanya itu pasti tidak ada kemistrian.

    ReplyDelete
  103. Rina Musannadah
    15301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Kemistri merupakan kecocokan antar dua unsur atau lebih yang berelasi sehingga menghasilkan sesuatu yang bersesuaian dengan unsur yang berelasi tersebut. Perlu dicatat bahwa unsur baik tidak akan dapat memiliki kemistri dengan unsur buruk. Seperti yang dicontohkan pada tulisan di atas, surga tidak berkemistri dengan neraka.

    Oleh karena itu, dalam hidup, kita harus selalu memberikan atau melakukan hal-hal positif sehingga yang akan memiliki kemistri dengan apa yang kita lakukan adalah hal-hal positif pula, yang tentu saja akan menghasilkan hal-hal baik yang kita harapkan.

    ReplyDelete
  104. Raudhah Nur Pratiwi (1301244009)
    S1- Pend. Matematika A 2015
    Bismillah,
    Terimakasih atas postingannya Prof, sangat bermanfaat. Seperti yang Prof sebutkan, kemistri dalap diartikan sebagai cocok, sesuai, sama sifat, sama kebutuhan, sama judul,dan lain-lain. Intinya, kemistri mengutamakan persamaan dan mengesampingkan perbedaan. Kemistri sangat penting bagi sebuah relasi atau hubungan. Tanpa adalnya kemistri, maka hasil kerja suatu tim akan teganggu. Sehingga kita perlu membangun kemistri dalam suatu relasi/hubungan. Begitu pula dengan hubungan antara guru dan siswa di kelas. Ibaratnya, guru dan siswa adalah suatu tim. Sehingga, kemistri antara guru, dan siswa harus dibangun agar diperoleh keselarasan dalam pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai.

    ReplyDelete
  105. Lisfiyati Mukarromah
    15301241042
    Pendidikan Matematika A 2015
    Program S1
    Kemistri adalah sebuah kecocokan. Kemistri tidak datang begitu saja. Kemistri bisa ditumbuhkan misalnya dengan cara mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan.
    Seorang guru bisa menumbuhkan kemistri dengan siswanya jika guru tersebut bisa memahami karakteristik siswa. Guru juga bisa menggunakan metode yang sesuai dengan karakteristik siswa tersebut. Untuk menumbuhkan kemistri dengan siswa, guru juga bisa dengan menjaga hubungan baik dengan siswa dan menjalin silaturrahim dengan orangtua siswa. Guru juga harus bersifat mengayomi dan menghargai pendapat siswa, rendah hati dan ikhlas dalam mengajarkan ilmunya. Guru bisa menjadi contoh yang baik bagi siswa, baik tutur kata dan tingkah lakunya. Selain dengan cara tersebut, guru hendaknya juga mendoakan siswanya agar siswa lebih mudah memahami ilmu dan menjadi barokah semuanya.
    Dengan adanya kemistri antara guru dengan siswa, bisa mewujudkan suatu pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  106. Siti Efiana
    15301241029
    S1- Pend.Mat I 2015


    Terima kasih atas artikelnya, Prof. Seperti yang telah dikemukakan di atas, kemistri itu cocok, sesuai, sama sifat, sama tujuan, sama kebutuhan, sama judul, sama tema, banyak persamaannya, mengutamakan persamaan, mengesampingkan perbedaan. Sedangkan, syarat berkemistri: niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, sifat baik, senang, kasih sayang, memaafkan, mencari ilmu, mencari kemampuan, mencari metode, tata cara, menggunakan sopan santun, bersilaturahim, saling menolong, saling memahami, saling mengenal, saling bersatu dan tidak mencemooh, berpikiran positif dan berprasangka baik, saling merasakan, saling mendoakan, saling membantu, saling menjaga, menahan diri, bertutur kata baik, tidak menyakiti perasaan, menghormati perbedaan dan mencari persamaan, memaklumi kekurangan orang lain, selalu berikhtiar dalam kebaikan. Saya rasa kemistri ini sangat diperlukan dalam kehidupan agar senantiasa bisa menjaga hubungan baik dengan orang lain. Memang tidak mudah untuk menerapkan syarat kemistri di atas, namun, saya rasa hal tersebut hanya membutuhkan pembiasaan dan berhati besar. Saya yakin, jika semua orang menerapkan syarat kemistri, maka kehidupan akan berjalan damai dan tenteram.

    ReplyDelete
  107. Farisa Yunilasari
    15301241025
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Kemistri dapat diartikan sebagai kesesuaian atau kecocokan, baik dalam arti fisik, sifat, mauun pikiran . Lawan dari kemistri adalah tidak kemistri . Tidak kemistri berarti tidak cocok , tidak selaras . Manfaat dari kemistri ialah terciptanya, keharmonisan, perkembangan, dan perbaikan di kehidupan ini. Kecocokan kemistri dapat tumbuh dengan sendirinya, namun harus di tumbuhkembangkan agar tercipta suasana yang damai dan tentram

    ReplyDelete
  108. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1-Pendidikan Matematika
    Kemistri sering diartikan sebagai kecocokan, kesesuaian, kesamaan sifat, kesamaan tujuan, kesamaan kebutuhan. Kemistri menunjukkan banyaknya kesamaan. Kebaikan akan berkemistri dengan kebaikan, namun kemabikan tidak dapat berkemistri dengan keburukan. Apabila dalam kehidupan kita ingin sesuatu yang baik maka kita juga harus berbuat baik. Berkemistrilah dengan berdoa, rendah hati, kasih, memaafkan, mengenal, memahami, menghormati perbedaan dan mencari persamaan.

    ReplyDelete
  109. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Kemistri adalah kesesuaian. Manusia tentunya memiliki kemistri. Entah terhadap orang lain ataupun benda mati (contohnya hobby). Kemistri dapat membangun sinergi.
    Dalam dunia pendidikan kemistri sangatlah dibutuhkan. Kepala sekolah dengan wakilnya, guru dengan karyawan, guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan lain sebagainya.
    Kemistri dapat menumbuhkan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif sehingga mengarah pada hal positif. Sebaliknya jika kita tidak membangun dan menjaga kemistri maka rasa benci akan muncul dan memporak-porandakan semua.

    ReplyDelete
  110. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Kemistri dapat diartikan sebagai kecocokan, kesesuaian terhadap yang lainnya. Kemistri berarti memiliki kesamaan dengan mengesampingkan perbedaan. Artikel yang menarik, beberapa hal saya baru mendapatkannya. Berkemistri memiliki suatu tingkatan dari yang terendah yaitu benda hingga berkemistri spiritual. Berkemistri memiliki metode yang disesuaikan dengan subjek dan objek kemistri dan tingkatannya. Ada pula manfaat dari berkemistri yang setiap manfaatnya bergantung pada kemistri-apa atau objek dan subjek kemistri tersebut. Selain itu, terdapat syarat berkemistri yaitu niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, kasih sayang, saling menolong dan banyak kegiatan positif lainnya.
    Setiap benda, makhluk hidup, dan lainnya memiliki kemistrinya masing-masing. Dalam kebaikan tidak ada yang berkemistri dengan keburukan. Berbuatlah kebaikan agar memperoleh kemistri kebaikan pula.

    ReplyDelete
  111. Isykarima Nur S
    15301241032
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Kemistri adalah suatu kecocokan. Hal ini identik dengan sebuah hubungan. Baik itu hubungan sesame individu ataupun kelompok, dimana mereka memiliki tujuan, cita-cita dan lain-lain tergantung dari sudut pandang masing-masing. Kemistri disini tentu nya untuk menciptakan kemistri positif. Saya setuju dengan pendapat bahwa tentang kemistri orang dengan sifatnya yang kemudian disebut sebagai ukhuwah. Dalam sebuah ukhuwah tentunya terdapat kemistri yang sangat kuat.

    ReplyDelete
  112. Rina Anggraeni
    15301241043
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Dari dialog di atas didapat bahwa kemistri itu cocok, sesuai, dan sama. Di atas sudah dijelaskan berbagai hal tentang kemistri yang baik-baik dan bermanfaat. Namun, coba saja jika kemistri itu terjadi antara dua orang yang memiliki niat jahat, maka akan terjadi suatu kejahatan. Misalnya kemistri antar pencuri sepeda motor, mereka sama-sama membutuhkan uang dan akhirnya terjadilah pencurian motor, yang satu mengawasi keadaan sekitar dan satunya yang mencuri atau mengambil sepeda motor tersebut. Lalu hasilnya mereka bagi dua dan mereka sama-sama mendapatkan uang. Hal tadi hanya contoh kemistri yang dimanfaatka untuk hal-hal buruk, jangan pernah berniat untuk menirunya. Tumbuhkanlah kemistri dengan orang-orang baik agar kamu juga ikut baik seperti mereka.

    ReplyDelete
  113. Amayda Ade Pramesti
    15301244012
    S1 Pend.Mat A 2015

    kemistri adalah kecocokan atau kesesuaian. dalam berbagai hal yang dilakukan harus ada yang namanya kemistri. kemistri ini dapat diciptakan atau dikembangkan dalam lingkungan yang sedang kita tempati. tampa adanya kemistri dapat membuat seseorang tersebut tidak nyaman untuk tinggal dalam lingkungan tersebut. maka kemistri ini dapat dikembangkan untuk membuat suasana dilingkungan tersebut menjadi nyaman untuk ditinggali karena adanya kemistri anata satu dengan yang lain

    ReplyDelete
  114. Tico Miladina
    14301244014
    Pendidikan Matematika A

    Kemistri dapat dikaitkan dalam konteks senyawa. Seperti halnya sudah cocok atau dapat ditemukan senyawa yang sama. Jika dibawa dalam konteks kehidupan sehari-hari, akan menjadi kesesuaian yang membutuhkan sikap, sifat, dan perlakuan tertentu untuk memperoleh kemistri.

    ReplyDelete
  115. Sinta Mutiara Dewi
    15301241018
    S1-Pendidikan Matematika A 2015

    Kemistri haruslah tercipta dalam setiap kodisi apapun dan dalam urusan apapun, karna kemistri adalah kesesuaian. Manfaat yang tercipta dari kemistri adalah keharmonisan hidup. Jadi, kemistri sangatlah diperlukan dalam kehidupan ini, aar hubungan baik antar sesama tetap terjaga.

    ReplyDelete
  116. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Kemistri dapat diartikan sebagai kecocokan. Suatu keburukan tidak akan berkemistri dengan kebaikan karena keduanya bukanlah hal yang cocok, bukanlah yang memiliki tujuan yang sama. Baik buruk manusia dalam ukuran manusia adalah relatif. Dalam bersosialisasi kita tidak boleh memilih-milih teman karena alasan baik-buruk yang dianggap suatu ketidakcocokan. Karena baik bagi kita belum tentu baik bagi-Nya, begitu pula sebaliknya. Jika kita berbeda dengan orang lain, kita tidak boleh mengecap bahwa "saya baik, dia buruk" dan menjadikan alasan tersebut sebagai ketidakcocokan dan tidak mau bersosialiasi. Kita harus menghargai perbedaan. Kita harus membangun kemistri dari perbedaan yang ada.

    Akan tetapi dalam bertindak, tentunya kita harus senantiasa bertindak yang baik-baik. Agar tindakan yang kita lakukan memiliki kemistri yang kuat. Sehingga tindakan yang memiliki kemistri atau kecocokan ini dapat meraih tujuan yang sama yaitu kebaikan.

    ReplyDelete
  117. Nurrina Rhomadita
    15301241026
    Pendidikan Matematika I 2015

    kemistri dapat diartikan sebagai kecocokan. kecocokan memiliki peranan penting dalam kehidupan, tidak hanya melulu mengenai dua sejoli yang sedang dimabuk asmara. melainkan kemistri terhadap suatu kelompok kerja, kemistri terhadap pekerjaan, kemistri terhadap lingkungan, dan lain sebagainya. kita asumsikan kemistri dan kita (manusia) merupakan sebuah sistem yang saling berkaitan, sehingga kemsitri sangat diperlukan dalam kehidupan karena akan mempengaruhi satu sama lain dalam keberlangsungan kinerja suatu sistem.

    ReplyDelete
  118. Zudhy Nur Alfian
    15301241035
    S1 Pend Matematika 2015

    ReplyDelete
  119. Zudhy Nur Alfian
    15301241035
    S1 Pend Matematika 2015

    Arti dari kemistri secara umum adalah kecocokan, kesamaan ataupun kesesuaian. Dua hal yang memiliki kemistri akan terlihat saling bersinergi satu sama lain. Menurut saya, selain memiliki arti kecocokan, sebenarnya kemistri juga dapat diartikan sebagai ikatan. Arti tersebut di dalam pelajaran kimia karena kemistri sendiri serapan dari kata “chemistry”. Dalam hal ini, arti dari ikatan yaitu kemistri tersebut mengikat dua hal yang berbeda tetapi tidak saling berlawanan.

    ReplyDelete
  120. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Kemistri dapat diartikan sebagai kecocokan maupun kesesuaian. Dalam hidup ini, segala sesuatu yang kita lakukan haruslah mengandung kemistri agar dapat tercipta keharmonisan hidup.

    ReplyDelete
  121. Intan Heryani Putri
    15301241011
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Kemistri adalah kecocokan, kesesuaian, susunan yang saling harmonis. Menurut saya kemistri terjadi bukan berarti karena sama, namun ia adalah perbedaan yang bisa disatukan dan berjalan bersama-sama, menuju satu visi satu tujuan. Kemistri adalah sesuatu hal yang dapat dibangun antar dua manusia atau lebih. Kemistri yang baik akan menghasilkan hubungan yang baik juga antar kedua manusia tersebut.

    ReplyDelete
  122. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Kemistri itu secara matematis seperti irisan dari dua himpunan atau postulat,teorema yang mengandung kesamaan dalam bagian tertentu tidak harus semuanya baik dilihat dari ciri-ciri, sifat, bentuk dll. Secara tidak sadar, kehidupan ini tersusun atas tak hingga banyakknya kemistri sehingga membangun sistem dan skema yang saling berkelanjutan.

    ReplyDelete
  123. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018

    Kemistri adalah kata sifat yang menyangkut dua objek. Cara untuk berkemistri adalah sesuai dengan subjek, objek, dan tingkatannya. Salah satu manfaat dengan kemistri kita dapat menyambung silaturahmi dengan sesama. Silahturahmi berarti kita mempererat kekeluargaan sehingga itu termasuk rahmat dan berkah dari Alloh SWT. Sehingga dengan kemistri kita niatkan untuk menciptakan perdamaian dan keindahan dalam sebuah hubungan.

    ReplyDelete
  124. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Assalamu'laikum wr wb
    Mendengar kata kemistri saya langsung berpikir kecocokan, kesamaan. Kemistri adalah suatu kondisi yang jika tercapai akan memberikan manfaat yang besar. Kemistri bisa tercapai tidak hanya dari suatu hal yang sama atau sesuai dulu, melainkan bisa saja dari perbedaan yang dapat disatukan untuk mencapai suatu tujuan sama. Dalam mencapai suatu kemistri juga kita harus memiliki rasa toleransi yang tinggi. Karena kemistri dapat diartikan sesuai, nah untuk menyesuaiakan suatu perbedaan kita harus bertoleransi.

    Wassalamu'alaikun wr wb

    ReplyDelete
  125. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kemistri bisa diartikan secara sederhana sebagai sesuatu yang cocok, sesuai dan sama. Dari tulisan di atas saya memperoleh ilmu baru bahwa ternyata kemistri itu ada tingkatannya, mulai dari kemistri benda, kemistri sifat, kemistri pergaulan, kemistri pikiran, kemistri hati dan sampai pada kemistri spiritual. Saya tertarik dengan syarat berkemistri yaitu tidak egois. Memang seperti nya saat ini sifat egois yang bisa merusak hubungan kita dengan sesama. Padahal tentu saja dalam hidup kita tidak boleh hanya mementingkan keinginan diri sendiri tentu harus mempertimbangkan orang lain agar bisa menjalin hubungan dengan kemistri yang baik.

    ReplyDelete
  126. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Sangat menarik sekali membaca tulisan filosofi tentang kemistri. Ternyata memang benar bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri. Kita hidup saling ketergantungan saling membutuhkan satu sama lain. Saling mengenal satu sama lain pun dapat membentuk sebuah kemistri dalam hal apapun. Membaca tulisan-tulisan bapak membuat pikiran saya terbuka dan menambah pengetahuan.

    ReplyDelete
  127. Seftika Anggraini
    18709251016
    PPs Pend. Matematika A 2018

    Kemistri memiliki syarat-syaratnya. Itu berarti kemistri dapat diciptakan dan dapat musnah atau hilang. Menjaga kemistri berarti menjaga syarat-syarat kemistri tetap ada dalam hubungan antar dua hal.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  128. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Saya setuju dengan pembahasan tulisan ini. Kemistri bergantung pada subjek, objek, dan tingkatannya. Ketika suatu relasi ataupun keterkaitan memiliki kemistri yang kuat, maka, jalan dan hasil dari relasi tersebut akan berjalan dengan baik. Mengutip contoh dari tulisan bapak, seprti kemistri umat kepada Tuhan akan menjadi sarana surga. Kemistri keluarga dan saudara bisa menambah rezki dan kemistri mahasiswa dan pembimbing akan mempercepat dan memperlancar studi.

    ReplyDelete
  129. Bayuk Nusantara KR.J.T
    18701261006
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP)

    Saya setuju dengan definisi mengenai kemistri di atas. Kemistri ialah cocok. Cocok artinya kita mengesampingkan perbedaan. Cocok tidak berarti tidak ada perbedaan. Cocok ialah kita bisa memberi toleransi terhadap perbedaan. Oleh karena itu, syarat untuk berkemistri adalah hal-hal yang baik, hal-hal yang bisa memahami perbedaan tersebut. Ketika kita tidak bisa menerima perbedaan, maka, kita tidak bisa berkemistri baik dengan manusia maupun benda.

    ReplyDelete
  130. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Kemistri menjadi hal yang penitng dalam hidup. Kemistri merupakan komposisi yang dibutuhkan untuk melengkapi satu sama lain untuk menjadi satu padu yang akan menciptakan banyak manfaat. Paragraf terakhir mengingatkan saya untuk merefleksi diri saya sendiri. Bagaimana selama ini saya mampu berkemistri, sedangkan menjalankan syarat berkemistri saja seperti yang ada dalam postingan ini masih nol. Akan saya catat dengan sungguh-sungguh syarat tersebut agar saya mampu berkemistri dengan objek yang ada di dunia ini.

    ReplyDelete
  131. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Kemistri mempunyai syarat, artinya kemistri harus dibagun. Kemistri bukanlah tujuan akhir, sehingga apabila telah muncul kemistri, maka kemistri tersebut harus terus dijaga agar tidak hilang.

    ReplyDelete
  132. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika 2018 A
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dialog diatas yang bertema “Kemistri” memberikan pelajaran dan wawasan baru bagi saya bahwasannya Kemistri tidak hanya terdapat pada makhluk hidup yaitu manusia. Setiap manusia pasti memiliki kemistri yang kuat dan hanya dapat dirasakan oleh dirinya sendiri tanpa bisa diwakilkan oleh orang lain. Namun dari dialog diatas kemistri juga terdapat pada kehidupan kita sehari-hari yang hal itu akan membawa kita dalam hal positif dan kebaikan atau sebaliknya tergantung kemistri dalam diri kita yang hanya kita yang bisa mengolahnya akan dibawa kemana. Kemistri yang baik akan menuntun pada jalan yang baik dan tentunya sesuai dengan aturan agama dan perintah dari sang Pencipta.

    ReplyDelete
  133. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Kemistri berarti bisa menjadi. Dari kalimat ini bermakna bahwa kemistri bisa terjadi jika ada upaya untuk memahami pikiran atau keadaan orang lain. Bahkan bukan hanya orang lain namun memahami maksud Tuhan lewat firmanNya mendatangkan kebahagian bagi diri kita sendiri yang akhirnya membuat kita juga dapat membangun kemistri dengan orang lain. Jadi menurut saya jika landasan kemistri adalah kemistri spritual maka akan mendatangkan kemistri dengan sekitar kita.

    ReplyDelete
  134. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Kemistri bisa mewujudkan suatu hal baru yang merupakan perpaduan objek. Kemistri perlu dibangun agar tercipta suatu keharmonisan. Saya menyoroti kalimat ‘kemistrinya ketua dan anggota bisa melancarkan program’. Memang benar antara ketua dan anggota harus ada kemistri agar dapat melaksanakan tugas atau kewajibannya dengan baik sehingga program yang dilaksanakan berjalan lancar. Fokus pada tujuan yang sudah dibuat sejak awal dan konsisten mencapai tujuan, butuh kemistri yang kuat.

    ReplyDelete
  135. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Pertama kali yang terlintas dipikiran setelah lihat judul postingan “Kemistri” yaitu cabang ilmu yaitu chemistry (ilmu kimia), yang pada umumnya dikenal dengan pencampuran zat-zat yang menghasilkan sebuah senyawa dengan sifat, struktur, dan reaksi baru. Belajar dari definisi tersebut, saya dapat memaknai bahwa kemistri itu jika antara satu dan yang lainnya bisa dapat bersatu, berinteraksi, berbaur yang kemudian akan menghasilkan banyak manfaat. Semoga kita semua dapat berkemistri dengan alam, dengan manusia (menjalin ukhuwah) dan tentunya berkemistri dengan Sang Pemilik alam semesta ini.

    ReplyDelete
  136. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Dalam konteks kehidupan manusia, seseorang yang punya kemampuan membangun kemistri adalah orang yang memiliki niat tinggi sebagai pembelajar.
    Sebagai pembelajar, orang akan menurunkan egonya, mencari kesamaan, rendah hati, menghargai, berbagi kasih dan lain-lain. Hal ini mendukung orang tersebut untuk membangun relasi yang bermuara pada kolaborasi dan menghasilkan kreasi yang bermanfaat bagi orang lain.
    Terima kasih atas tulisannya yang begitu reflektif bagi pembaca seperti saya.
    Salam cendekiawan, Prof.

    ReplyDelete
  137. Cahya mar'a saliha sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.Wb.
    Bila kemistri selalu berhubungan dengan pihak lain, apakah hubungan dengan diri sendiri tidak bisa memunculkan kemistri? Bisa dikatakan bahwa narsis merupakan salah satu perwujudan kemistri dengan diri sendiri. Karena era milenial saat ini semakin marak upload foto selfie di salah satu medsos yang dulunya aplikasi medsos itu penggunanya adalah para penyuka seni fotografi. Sehingga, kemunculan kemistri mungkin bisa saja terjadi antara diri sendiri dengan dirinya sendiri juga. Semoga limbuk dan cangik kemistrinya semakin kuat sehingga dapat berdiskusi hal lainnya.

    ReplyDelete
  138. Samsul Arifin
    18701261007
    S3 PEP 2018

    Kemistri mutlak dibutuhkan dalam kehidupan di alam nyata "Dunia" ini..Pada dasarnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan dan bergaul dengan orang lain..Allah SWT pun telah menciptakan pasangan Nabi Adam yaitu Hawa agar berkemistri membuat "peluang" kehidupan baru di muka bumi. Seiring perkembangan jumlah manusia untuk menciptakan kemistri dibutuhkan usaha yg tidak gampang..Terlebih di kehidupan politik yg penuh dengan kepentingan, kemistri adalah barang langkah di negeri ini...Jadi dibutuhkan "Kemistri Nasional" untuk Indonesia lebih maju & disegani bangsa lain...

    ReplyDelete
  139. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Dengan adanya Kemistri hidup ini menjadi lebih baik dan harmonis. Kemistrian itu penting dalam menjalani hidup ini, dalam ilmu matematika kalo tidak ada kemistri berarti tidak ada hubungan kemistri antara x dan y. jadi kemistrian itu penting dalam matematika dan penting untuk yang lainnya.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    ReplyDelete
  140. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Kemistri merupakan suatu keterikatan antara dua hal yang saling memiliki persamaan atau bisa yang berbeda sekalipun.Jika dari dua hal yang berbeda bisa memunculkan suatu ketertarikan antara satu dengan yang lain sehingga dapat menimbulkan suatu keterikatan yang biasa disebut dengan kemistri.

    ReplyDelete
  141. 18701261002
    S3 PEP

    Salam Hormat, Prof.
    Terima Kasih, Prof, melalui percakapan di atas, ternyata Kemistry itu penting dalam kehidupan ini. kemistry manusia dengan alam menghasilkan keseimbangan hidup,kesehatan, ketenteraman,keindahan hidup, simbiosis mutualisme.

    ReplyDelete
  142. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berdasarkan dialog tersebut saya menjadi mengetahui bahwa kemistri bisa terjadi di semua aspek kehidupan. Dimulai dari yang paling rendah kemistri benda-benda, sifat atau keadaan, pikiran, pergaulan, hati, dan spiritual. Jika kita terapkan dalam pembelajaran, siswa dan guru tentunya harus berkemistri. Guru harus bisa membaca cara berpikir siswa. Kemistri dalam pembelajaran berjalan jika guru mengajar sesuai dengan jalan pemikiran siswa. Hal tersebut tentunya akan membuat siswa lebih mudah menangkap apa yang dipelajari.

    ReplyDelete
  143. Hendra B.
    18701261008
    PEP-S3 2018

    menarik pada bagian akhir percakapan ini.
    pada manusia berkimstri dengan manusia yang lain terbagi atas dua yang pertama kemistri alamiah dan kemistri manipulatif.
    kimestri alamiah misalnya transpalntasi organ tubuh manusia, yang mana syarat utama dari transplantasi adalah samanya jenis golongan darah.
    kemistri manipulatif, dapat terjadi dengan adanya usaha semisal doa, rendah hati, kasih sayang dan sebagainya yang merupakan hasil dari usaha seseorang untuk berkemistri dengan yang lainnya.
    jika demikian maka ada manusia yang berkemistri alamiah dan kemistri manipulatif hanya bisa dirasakan kemsistrinya antar sesamanya (misal orang slaeh aka berkemistri dengan orang saleh tetapi tidak aka bisa berkemistri dengan orang yang senang maksiat begitupun sebaliknya)
    wallahua'lam bissawaf

    ReplyDelete
  144. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018



    membangun kemistri perlu berdamai dengan diri sendiri, berusaha menguasai diri, serta mampu mengendalikan rasa bukan dikendalikan oleh rasa. adanya kemistri mempermudah hubungan sesama manusia maupun hubungan manusia dengan sang pencipta. kemistri yang dibangun dengan niat dan budi pekerti luhur tentunya mendatangkan manfaat positif. olehnya itu dibutuhkan kesabaran, keikhlasan, penerimaan, serta ketulusan untuk membangun kemistri yang apik.

    ReplyDelete
  145. Desi Nurwidawati
    18701261009
    S3 PEP 2018

    Kemistri itu identik dengan cocok dan menyatu. Dapat cocok dan menyatu dalam kehidupan karena dilandasari dasar pemikiran yang sama, ikhlas, tdak egois, bertoleransi, bertanggung jawab, dan akan membawa hidup yang harmonis.

    ReplyDelete
  146. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018

    Assalamu'alaikum Wr. Wb
    Terimakasih Bapak atas tulisannya. Setelah membaca tulisan ini saya sadar bahwa Kemistri tidak hanya terjadi pada manusia. Akan tetapi segala sesuatu disekitar kita juga berkemistri. Kemistri antara hal-hal yang baik juga akan menghasilkan sesuatu yang baik, begitu pula sebaliknya.
    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  147. Ady Ferdian Noor
    DikDas S3
    18706261004

    Kemistri yang telah dijelaskan Prof Marsigit kalau boleh saya ilustrasikan dengan kelas kita kuliah masing-masing prodi masing-masing angkatan..setiap kelas beragam asal usulnya dari 34 provinsi tetapi tetap Indonesia namanya tetapi kita semua bisa menjadi satu, ada yang ahli matematika, PKn, IPS, IPA, Bahasa Nah dari itu kita bisa saling melengkapi satu sama lain yang akhir kita masing-masing bisa menguasai semua ilmu tersebut yang awalnya kita hanya menguasai satu ilmua.

    ReplyDelete
  148. Aji Joko Budi Pramono
    PEP s3 UNY
    18701261003
    Chemistry menurut paparan di atas pemahaman kami adalah hubungan antar manusia ataupun zat antara zat yang saling menguntungkan dalam chemistry ada syarat yang harus dilakukan yaitu antara lain ikhlas saling membantu saling mengerti saling memahami dan sebagainya dengan demikian kalau kita sudah bisa bergerak misteri maka kehidupan berbangsa dan bernegara akan aman sentosa dan menjadi negara yang kuat

    ReplyDelete
  149. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum W.W
    Kemistri ternyata bisa bermacam-macam. Kemistri terjadi disaat memiliki hubungan yang sangat kuat dengan suatu hal.Dalam matematika contohnya seperti parameter dan persaman. Jika suatu permasalahan memiliki 2 parameter, maka persamaanyang harus dibutuhkan minimal 2 persamaan pula. Kurang dari itu tentunya tidak akan ada kemistri yang terjadi
    Wassalamualaikum W.W

    ReplyDelete
  150. Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018 B

    Kemistri ?
    Si A dan si Z adalah dua insan yang berpadu dalam melodi. Hehehe sepertinya naluriku lebih kepada dua sejoli yang saling merajut kasih dan sayang. Silahkan dibayangkan ! Selanjutnya siapa pun dari kalian pasti akan menemukan selipan makna Kemistri dari RANGE mereka.

    ReplyDelete
  151. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Kemistri selain berarti sama dan bisa menjadi juga berarti Ikatan, hubungan baik, dan kesesuaian antara subjek dan objek serta tingkatannya. Kemistri adalah setengah dari satu dan setengahnya lagi adalah tidak kemistri. Artinya untuk menjadi satu tidak berarti seluruhnya harus sesuai, sama, dan bisa menjadi. Dalam hubungan tetap ada perbedaan, tetap ada ketidaksesuaian, kita tidak akan selalu bisa menjadi seperti orang lain, hanya saja jika kita lebih mengutamakan kesesuaian, persamaan, dan memahami orang lain maka terciptalah ikatan, hubungan baik atau lebih tepatnya terciptalah kemistri.

    ReplyDelete
  152. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Kemistri adalah kecocokan. Namun di dunia ini pasti ada friksi yang mengganggu kecocokan. Dengan demikian maka kecocokan itu adalah pengondisian, dan harus penuh kompromi, kompromi untuk tidak saling bertengkar, saling gontok-gontokan, dan saling-saling lain yang negatif. Pengondisiannya adalah saling menebar kebaikan.

    ReplyDelete