Sep 25, 2017

*KEMISTRI*



Oleh: Marsigit UNY

*Limbuk*:
Biyung Cangik, saya mau tanya apa itu kemistri ?

*Cangik*:
Kemistri itu cocok, sesuai, sama sifat, sama tujuan, sama kebutuhan, sama judul, sama tema, sama ... , banyak persamaannya, mengutamakan persamaan, mengesampingkan perbedaan.

*Limbuk*:
Contohnya?

*Cangik*:
Batu itu kemistri dengan pasir, sebab batu bisa menjadi pasir, pasir juga bisa menjadi batu. Jadi kemistri bisa aku katakan sebagai: bisa menjadi.

*Cangik*:
Es berkemistri dengan air. Sesama golongan itu saling berkemistri. Manusia saling berkemistri. Binatàng saling berkemistri. Tumbuh tumbuhan saling berkemistri. Batu batu saling berkemistri.

*Limbuk*:
Apakah ada tingkatan kemistri ?

*Cangik*:
Tentu ada. Paling rendah, kemistrinya benda-benda. Diatasnya, kemistrinya sifat atau keadaan. Diatasnya kemistrinya pergaulan. Diatasnya kemistrinya pikiran. Diatasnya lagi kemistrinya hati. Diatasnya lagi kemistrinya spiritual. Kemistrinya orang dengan sifatnya dapat dikatakan sebagai ukhuwah. Ada tiga macam ukhuwah: wathaniyah, insaniyah, dan Islamiyah.

*Limbuk*:
Kemistri sifat?

*Cangik*:
Manusia secara fisik bisa berkemistri, buktinya ada trasplantasi organ orang satu dengan orang lain. Tetapi manusia punya sifat berkemistri misal sama sama punya sifat sabar.

*Limbuk*:
Apakah ada lawan dari kemistri ?

*Cangik*:
Lawan dari kemistri itu ya tidak kemistri. Setengah dunia itu berkemistri, sedangkan setengahnya lagi tidak berkemistri. Kebaikan berkemistri dengan kebaikan. Tetapi kebaikan tidak dapat berkemistri dengan keburukan. Jadi syurga itu tidak berkemistri dengan neraka.

*Limbuk*:
Bagaimana metode berkemistri?

*Cangik*:
Metode berkemistri itu sesuai dengan sùbjek dan objek kemistri dan tingkatanya. Ilmu Kimia mempelajari kemistrinya benda benda. Ilmu sosial mempelajari kemistrinya pergaulan. Matematika dan psikologi mempelajari kemistrinya pikiran. Ilmu Agama mempelajari kemistrinya umat beragama. Metafisik mempelajari kemistrinya maksud maksud, arti dan tujuan.

*Limbuk*:
Manfaat kemistri?

*Cangik*:
Lho manfaat kemistri jelas sangat banyak. Kemistrinya benda benda bisa bercampur atau bereaksi. Kemistrinya muda mudi bisa menjadi suami isteri. Kemistrinya tumbuh tumbuhan bisa menghasilkan buah. Kemistrinya pergaulan bisa memperoleh petdamaian. Kemistrinya golongan orang bisa meraih cita cita bersama. Kemistrinya umat beragama bisa menambah pahala. Kemistrinya antar negara bisa memperoleh perdamaian dunia. Kemistrinya hati atau perasaan bisa menghasilkan kebahagiaan. Kemistrinya pikiran bisa memperoleh persepsi yang sama. Kemistrinya makanan bisa menyehatkan tubuh. Kemistrinya keluarga bisa menghasilkan keluarga yang sakinah mawadah warohmah. Kemistrinya musim bisa menghasilkan panen yang baik. Kemistrinya organ tubuh pertanda badan masih sehat. Kemistrinya ketua dan anggota bisa melancarkan program. Kemistrinya mahasiswa kepada pembimbing bisa mempercepat studi. Kemistrinya kata kata dan bahasa pertanda hidupnya sehat. Kemistrinya anggota ke ketua memperlancar urusan. Kemistrinya pemimpin ke yang dipimpin akan membawa kemajuan. Kemistrinya yang dipimpin ke yang memimpin akan membawa kesejahteraan. Kemistrinya suami isteri akan memberi keluarga sakinah. Kemistrinya penjual ke pembeli akan memberi keuntungan. Kemistrinya umat kepada Tuhan sarana menuju syurga. Kemistrinya keluarga dan saudara bisa menambah rejeki. Kemistrinya keadaan kepada waktunya akan memberikan harmoni. Kemistrinya pikiran kepada kenyataan akan menemukan hakikat hidup. Kemistrinya pikiran akan memberikan kecerdasan. Kemistrinya bumi ke langit akan menimbulkan kedamaian dunia. Kemistrinya langit ke bumi akan menurunkan rahmat dan barokah. Kemistrinya jawaban ke soal menjadikannya lulus ujian. Dst.

*Limbuk*:
Apa syaratnya berkemistri?

*Cangik*:
Syarat berkemistri: niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, sifat baik, senang, kasih sayang, memaafkan, mencari ilmu, mencari kemampuan, mencari metode, tata cara, menggunakansopan santun, bersilaturahim, saling menolong, saling memahami, saling mengenal, saling bersatu dan tidak mencemooh, berpikiran positif dan berprasangka baik, saling merasakan, saling mendoakan, saling membantu, saling menjaga, menahan diri, bertutur kata baik, tidak menyakiti perasaan, menghormati perbedaan dan mencari persamaan, memaklumi kekurangan orang lain, selalu berikhtiar dalam kebaikan.

END

18 comments:

  1. Restu Widhi Laksana
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251022
    Bismillahirrokhmanirrokhim
    Dari artikel ini hal yang saya fahami adalah pentingnya sebuah hubungan atau kemistri. Dalam mencari kebenaran dan dalam mencari ilmu, mencari dan memahami hubungan antar segala hal sangat penting. Misal dalam mempelajari cara bersepeda, maka memahami hubungan sinkronisasi antara tangan, kaki, mata, dan organ keseimbangan sangat penting agar tidak jatuh. Begitupun dalam mencari kebenaran, maka mencari dan memahami maksud dan hubungan antar elemen suatu hal menjadi hal yang esensial.
    Benar tidaknya suatu kesimpulan merupakan benar tidaknya memahami hubungan dari hal yang akan disimpulkan.

    ReplyDelete
  2. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Kemistri mutlak dibutuhkan dalam kehidupan di alam nyata "Dunia" ini..Pada dasarnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan dan bergaul dengan orang lain..Allah SWT pun telah menciptakan pasangan Nabi Adam yaitu Hawa agar berkemistri membuat "peluang" kehidupan baru di muka bumi. Seiring perkembangan jumlah manusia untuk menciptakan kemistri dibutuhkan usaha yg tidak gampang..Terlebih di kehidupan politik yg penuh dengan kepentingan, kemistri adalah barang langkah di negeri ini...Jadi dibutuhkan "Kemistri Nasional" untuk Indonesia lebih maju & disegani bangsa lain...

    ReplyDelete
  3. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Kemistri merupakan mengutamakan persamaan, mengesampingkan perbedaan. Kita dapat memiliki kemistri yang baik jika kita mengesampingkan perbedaan begitu juga ketika hidup bermasyarakat. Contohnya ketika kita bermasyarakat, utamakan persamaan kita sebagai rakyat Indonesia dengan mengesampingkan perbedaan agama, suku, dan ras. Dengan demikian, kemistri rakyat Indonesia lebih baik.

    ReplyDelete
  4. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan mengenai Kemistri bahwa Setiap orang tentu memiliki selera yang berbeda, untuk memperoleh pasangan masing-masing. Sebagian besar dari kita pasti memiliki kriteria tersendiri, ada yang suka perempuan berbadan tinggi, kulit putih, atau ada yang lebih suka cowok berbadan kekar, tajir, humoris dsb. Terlepas dari semua itu dalam mencari pasangan tentunya tidak hanya melulu fisik belaka, tapi juga adanya sebuah ''Kemistri'' .

    ReplyDelete
  5. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Kemistri kita berdua ada ya? Hal itu sering terucap pada pasangan yang sudah menjalin hubungan. Kemistri secara kebetulan bisa ditemukan pada saat yang tak terduga karena memang menemukan kemistri tidak semudah menemukan daun di kebun. Perlu pengamatan ekstra dan pelan-pelan dalam mengambil kesimpulan, karena kemistri bukan hal mainan yang hanya sekedar terpaksa menerima kemistri yang sebenarnya tidak ada sama sekali kemitrinya. Jadi diharapkan untuk lebih ebrhati-hati dan persiapkan hati pikiran untuk tidak mudah terpengaruh dengan kemistri yang penuh dengan sandiwara.

    ReplyDelete
  6. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018
    Membaca akhir tulisan Berkemistri, yang menyebutkan syarat berkemistri: niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, sifat baik, senang, kasih sayang, memaafkan, mencari ilmu, mencari kemampuan, mencari metode, tata cara, menggunakansopan santun, bersilaturahim, saling menolong, saling memahami, saling mengenal, saling bersatu dan tidak mencemooh, berpikiran positif dan berprasangka baik, saling merasakan, saling mendoakan, saling membantu, saling menjaga, menahan diri, bertutur kata baik, tidak menyakiti perasaan, menghormati perbedaan dan mencari persamaan, memaklumi kekurangan orang lain, selalu berikhtiar dalam kebaikan.
    Saya berkesimpulan kemistri itu akan didapat jika manusia mau memuliakan kemanusiaannya secara paripurna, dengan segala plus minusnya. Itulah insan kamil.

    ReplyDelete
  7. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Adanya kemistri karena adanya kecocokan atau kesamaan. Sering disebut bahwa orang yang berjodoh biasanya akan muncul kemistrinya. Misalnya saja seperti sama-sama suka membaca, menyuka warna yang sama, memiliki hobby yang sama, dan lain sebagainya. Seorang laki-laki memiliki kemistri dengan seorang perempuan, sehingga kesamaan tersebut menyatukan mereka dan membawanya pada jenjang yang lebih baik. Tapi ada kemungkinan juga seorang laki-laki memiliki kemistri dengan laki-laki sehingga terjalin persahabatan atau persaudaraan yang lebih erat diantara mereka. Kemistri hanya bisa tumbuh jika adanya kesamaan, tidak akan bisa mereka tumbuh jika tidak ada kesamaan. Jadi, kebaikan hanya bisa berkemistri dengan kebaikan dan keburukan juga hanya bisa berkemistri dengan keburukan.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  8. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    Assalamualaikum wr.wb.
    yang saya dapat dari tulisan ini adalah betapa pentingnya sebuah kemistri atau kecocokan, karena dengan adanya hasil disitu adanya kecocokan. misal burung merpati bisa berkembang biak dengan jenis burung merpati juga. itu dikarenakan sebuah kecocokan. karena pada intinya yang tidak cocok tidak akan menghasilkan hasil yang baik.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  9. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kata kemistri mengandung makna kesamaan, kecocokan, dan kesatuan. Yang artinya hidup membutuhkan adanya kemistri antara dua insan atau lebih demi tercapainya visi hidup yang sama. Munculnya kemistri karena adanya pembiasaan atau interaksi dengan orang lain. Semakin seseorang memperbanyak interaksi maka semakin kuat juga kemistri yang dibentuk. karena sebaik-baik kemistri adalah memperoleh kebaikan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  10. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Kemistri meurupakan suatu rasa yang cocok, dengan kata lain adanya suatu hubungan kecocokan dari satu atau lebih hubungan. Kemistri menandakan bahwa hubungan itu selaras dan saling cocok, keselarasan dan kecocokan suatu hubungan menyebabkan adanya saling-saling dalam kehidupan. Saling membantu, saling menghargai saling menghormati satu dengan yang lain, sehingga terciptanya keadaan yang harmonis.

    ReplyDelete
  11. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Setiap pasangan akan beranggapan bahwa mereka berhubungan karena mempunyai kemistri antar keduanya. Tetapi kemistri bisa antara hewan peliharaan dengan pemiliknya sehingga bisa terjalin batin keduanya yang bisa terbiasa untuk memahami keadaan suasana hati masing-masing. Bagaimana kalau kemistrinya antara hati dan pikiran saja? Hal tersebut sering diupayakan oleh manusia agar bisa terkoneksi dan bisa membuat tenang diri sendiri dan selalu berpikiran positif sehingga akan berefek pada kesehatan mental seseorang.

    ReplyDelete
  12. Lukman
    18701264003
    S3 PEP 2018

    Kemistri Manusia dan Alam

    Semprul: "Prul, tadi aku lihat di youtube ada bahwa lautan itu kalau tdk dicegah Allah SWT ingin menghancurkan manusia karena kemaksiatan yang dilakukan mereka. Benar po Prul?"

    Kemprul: "Iya benar...itu hadis Qudsi: Allah berfirman “Setiap hari lautan meminta izin kepada Tuhannya seraya berkata, ‘Wahai Tuhanku, berilah izin kepadaku untuk menenggelamkan anak cucu Adam, ia makan rezeki dari-Mu, tapi ia menyembah kepada selain-Mu.’ Langit juga memohon izin kepada Allah seraya berkata, 'wahai Tuhanku, berilah izin kepadaku untuk menelungkupkannya, ia makan rezeki dari-Mu, tapi ia menyembah kepada selain-Mu.’ Bumi juga memohon seraya berkata, 'Wahai Tuhanku, izinkan kepadaku untuk menelan anak cucu Adam, ia makan rezeki dari-Mu, tapi ia menyembah kepada selain-Mu.’
    Mendengar permohonan mereka, Allah swt. menjawab, 'Biarkan mereka, kalau sekiranya kalian menciptakan mereka, pasti kalian menyayangi mereka.”"

    Semprul: "Ngeri ya Prul?"

    Kemprul: "Itulah pentingnya manusia mengenal dirinya dan melebur kehendak bersama alam bersama2
    melakukan ketaatan kepada Allah SWT."

    Semprul: "Melebur kehendak bersama alam...ehm...caranya?"

    Kemprul: "Ikhlaskan dirimu seperti matahari memberi cahanya kepadamu."

    Semprul tertunduk...matanya mengembun...dan membatin...Ya Allah...ampunilah hambamu ini...

    ReplyDelete
  13. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Kemistri suatu rasa yang muncul pada diri seseorang yang dapat membuat seseorang merasa nyaman dan merasakan adanya sebuah keterikatan. Untuk membuat kemistri bisa diciptakan dengan kebiasaan bersama atau saling mengenal terlebih dahulu. Kemistri dapat dipertahankan dengan menjaga komunikasi. terimakasih

    ReplyDelete
  14. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Kemistri akan muncul saat kita merasa ada ketertarikan terhadap sesuatu hal, entah nantinya menjadi rasa suka, cinta ataupun rasa yang lainnya. Kemistri bukan hanya tentang perasaan kepada seseorang seperti lawan jenis, namun bisa juga kemistri terhadap teman ataupun keluarga. Kemistri erat kaitannya dengan kecocokan.

    ReplyDelete
  15. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Kemistri bisa dilakukan apabila pikiran positif kita terus berjalan. Tujuannya agar kemistri baik yang tercipta. Di sisi lain dibutuhkan sifat berbudi luhur dan pekerti yang baik agar kemistri yang baik tersebut bisa berjalan. Ikhtiar, berprasangka baik, niat dengan ikhlas menjadi suatu faktor terciptanya sebuah kemistri. Tidak ada yang tidak bisa karena setiap manusia lahir dengan membawa kebaikan dan kesucian. Oleh karena itu, kebaikan itulah yang bisa ditunjukkan agar kemistri positif bisa terwujud. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  16. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Mempunyai pasangan dalam kelompok kerja atau pasangan dalam hidup , hal utama yang dilakukan adalah mencocokkan kemistri masing-masing agar menjadi lancar untuk meghadapi segala permasalahan dan menyatukan pikiran agar tidak egois. Hal tersebut termasuk sulit karena tidak semua orang langung bisa mencocokkan kemistrinya dengan pasangannya karena harus melalui perdebatan jangka panjang dan juga membutuhkan waktu untuk bersama sehingga bisa memahami karakter masing-masing. Oleh karena itu kemistri juga jangan terlalu dipaksakan karena bisa menyakiti salah satu pihak dan akhirnya malah tidak bisa membangun kemistri bersama.

    ReplyDelete
  17. HANIF CAHYO ADI KISTORO
    S3 PEP / 18701264004

    "kemistri itu gampanange cocok lur.."kata markondang
    "la kok bisa kang"? jawab sareh
    "la apa mungkin saya bis cocok dengan orang lain yang bukan saudara saya"? timpal sareh lagi
    " jelas bisa to le..., la Gusti Allah menciptakan sesuatu itu berbeda"! imbuh markondang
    'sesuatu yang diciptakan itu, sudah di siapkan pasangannya"
    "kowe duwe bojo, yo bedo tur isoh cocok to?"
    " nek suduluran kui ideale marai cepet kemistri..."
    "tapi yo jenenge manusia kui ora kudu ngono, makane kudu sinau lan wawung karo liyan" ben semakain banyak kemistri semakain apik lan penak uripe" putus markondang sambil berlalu pulang

    ReplyDelete
  18. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Kemistri adalah Jalinan Hubungan atau lebih sering kita jumpai pada kata Ikatan batin antara sel satu dengan sel yang lain. Dalam paham Filosof, Kemistri adalah keterkaitan antara perasaan atau emosional seseorang.

    ReplyDelete