Sep 25, 2017

*KEMISTRI*



Oleh: Marsigit UNY

*Limbuk*:
Biyung Cangik, saya mau tanya apa itu kemistri ?

*Cangik*:
Kemistri itu cocok, sesuai, sama sifat, sama tujuan, sama kebutuhan, sama judul, sama tema, sama ... , banyak persamaannya, mengutamakan persamaan, mengesampingkan perbedaan.

*Limbuk*:
Contohnya?

*Cangik*:
Batu itu kemistri dengan pasir, sebab batu bisa menjadi pasir, pasir juga bisa menjadi batu. Jadi kemistri bisa aku katakan sebagai: bisa menjadi.

*Cangik*:
Es berkemistri dengan air. Sesama golongan itu saling berkemistri. Manusia saling berkemistri. Binatàng saling berkemistri. Tumbuh tumbuhan saling berkemistri. Batu batu saling berkemistri.

*Limbuk*:
Apakah ada tingkatan kemistri ?

*Cangik*:
Tentu ada. Paling rendah, kemistrinya benda-benda. Diatasnya, kemistrinya sifat atau keadaan. Diatasnya kemistrinya pergaulan. Diatasnya kemistrinya pikiran. Diatasnya lagi kemistrinya hati. Diatasnya lagi kemistrinya spiritual. Kemistrinya orang dengan sifatnya dapat dikatakan sebagai ukhuwah. Ada tiga macam ukhuwah: wathaniyah, insaniyah, dan Islamiyah.

*Limbuk*:
Kemistri sifat?

*Cangik*:
Manusia secara fisik bisa berkemistri, buktinya ada trasplantasi organ orang satu dengan orang lain. Tetapi manusia punya sifat berkemistri misal sama sama punya sifat sabar.

*Limbuk*:
Apakah ada lawan dari kemistri ?

*Cangik*:
Lawan dari kemistri itu ya tidak kemistri. Setengah dunia itu berkemistri, sedangkan setengahnya lagi tidak berkemistri. Kebaikan berkemistri dengan kebaikan. Tetapi kebaikan tidak dapat berkemistri dengan keburukan. Jadi syurga itu tidak berkemistri dengan neraka.

*Limbuk*:
Bagaimana metode berkemistri?

*Cangik*:
Metode berkemistri itu sesuai dengan sùbjek dan objek kemistri dan tingkatanya. Ilmu Kimia mempelajari kemistrinya benda benda. Ilmu sosial mempelajari kemistrinya pergaulan. Matematika dan psikologi mempelajari kemistrinya pikiran. Ilmu Agama mempelajari kemistrinya umat beragama. Metafisik mempelajari kemistrinya maksud maksud, arti dan tujuan.

*Limbuk*:
Manfaat kemistri?

*Cangik*:
Lho manfaat kemistri jelas sangat banyak. Kemistrinya benda benda bisa bercampur atau bereaksi. Kemistrinya muda mudi bisa menjadi suami isteri. Kemistrinya tumbuh tumbuhan bisa menghasilkan buah. Kemistrinya pergaulan bisa memperoleh petdamaian. Kemistrinya golongan orang bisa meraih cita cita bersama. Kemistrinya umat beragama bisa menambah pahala. Kemistrinya antar negara bisa memperoleh perdamaian dunia. Kemistrinya hati atau perasaan bisa menghasilkan kebahagiaan. Kemistrinya pikiran bisa memperoleh persepsi yang sama. Kemistrinya makanan bisa menyehatkan tubuh. Kemistrinya keluarga bisa menghasilkan keluarga yang sakinah mawadah warohmah. Kemistrinya musim bisa menghasilkan panen yang baik. Kemistrinya organ tubuh pertanda badan masih sehat. Kemistrinya ketua dan anggota bisa melancarkan program. Kemistrinya mahasiswa kepada pembimbing bisa mempercepat studi. Kemistrinya kata kata dan bahasa pertanda hidupnya sehat. Kemistrinya anggota ke ketua memperlancar urusan. Kemistrinya pemimpin ke yang dipimpin akan membawa kemajuan. Kemistrinya yang dipimpin ke yang memimpin akan membawa kesejahteraan. Kemistrinya suami isteri akan memberi keluarga sakinah. Kemistrinya penjual ke pembeli akan memberi keuntungan. Kemistrinya umat kepada Tuhan sarana menuju syurga. Kemistrinya keluarga dan saudara bisa menambah rejeki. Kemistrinya keadaan kepada waktunya akan memberikan harmoni. Kemistrinya pikiran kepada kenyataan akan menemukan hakikat hidup. Kemistrinya pikiran akan memberikan kecerdasan. Kemistrinya bumi ke langit akan menimbulkan kedamaian dunia. Kemistrinya langit ke bumi akan menurunkan rahmat dan barokah. Kemistrinya jawaban ke soal menjadikannya lulus ujian. Dst.

*Limbuk*:
Apa syaratnya berkemistri?

*Cangik*:
Syarat berkemistri: niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, sifat baik, senang, kasih sayang, memaafkan, mencari ilmu, mencari kemampuan, mencari metode, tata cara, menggunakansopan santun, bersilaturahim, saling menolong, saling memahami, saling mengenal, saling bersatu dan tidak mencemooh, berpikiran positif dan berprasangka baik, saling merasakan, saling mendoakan, saling membantu, saling menjaga, menahan diri, bertutur kata baik, tidak menyakiti perasaan, menghormati perbedaan dan mencari persamaan, memaklumi kekurangan orang lain, selalu berikhtiar dalam kebaikan.

END

73 comments:

  1. Restu Widhi Laksana
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251022
    Bismillahirrokhmanirrokhim
    Dari artikel ini hal yang saya fahami adalah pentingnya sebuah hubungan atau kemistri. Dalam mencari kebenaran dan dalam mencari ilmu, mencari dan memahami hubungan antar segala hal sangat penting. Misal dalam mempelajari cara bersepeda, maka memahami hubungan sinkronisasi antara tangan, kaki, mata, dan organ keseimbangan sangat penting agar tidak jatuh. Begitupun dalam mencari kebenaran, maka mencari dan memahami maksud dan hubungan antar elemen suatu hal menjadi hal yang esensial.
    Benar tidaknya suatu kesimpulan merupakan benar tidaknya memahami hubungan dari hal yang akan disimpulkan.

    ReplyDelete
  2. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Kemistri mutlak dibutuhkan dalam kehidupan di alam nyata "Dunia" ini..Pada dasarnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan dan bergaul dengan orang lain..Allah SWT pun telah menciptakan pasangan Nabi Adam yaitu Hawa agar berkemistri membuat "peluang" kehidupan baru di muka bumi. Seiring perkembangan jumlah manusia untuk menciptakan kemistri dibutuhkan usaha yg tidak gampang..Terlebih di kehidupan politik yg penuh dengan kepentingan, kemistri adalah barang langkah di negeri ini...Jadi dibutuhkan "Kemistri Nasional" untuk Indonesia lebih maju & disegani bangsa lain...

    ReplyDelete
  3. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Kemistri merupakan mengutamakan persamaan, mengesampingkan perbedaan. Kita dapat memiliki kemistri yang baik jika kita mengesampingkan perbedaan begitu juga ketika hidup bermasyarakat. Contohnya ketika kita bermasyarakat, utamakan persamaan kita sebagai rakyat Indonesia dengan mengesampingkan perbedaan agama, suku, dan ras. Dengan demikian, kemistri rakyat Indonesia lebih baik.

    ReplyDelete
  4. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan mengenai Kemistri bahwa Setiap orang tentu memiliki selera yang berbeda, untuk memperoleh pasangan masing-masing. Sebagian besar dari kita pasti memiliki kriteria tersendiri, ada yang suka perempuan berbadan tinggi, kulit putih, atau ada yang lebih suka cowok berbadan kekar, tajir, humoris dsb. Terlepas dari semua itu dalam mencari pasangan tentunya tidak hanya melulu fisik belaka, tapi juga adanya sebuah ''Kemistri'' .

    ReplyDelete
  5. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Kemistri kita berdua ada ya? Hal itu sering terucap pada pasangan yang sudah menjalin hubungan. Kemistri secara kebetulan bisa ditemukan pada saat yang tak terduga karena memang menemukan kemistri tidak semudah menemukan daun di kebun. Perlu pengamatan ekstra dan pelan-pelan dalam mengambil kesimpulan, karena kemistri bukan hal mainan yang hanya sekedar terpaksa menerima kemistri yang sebenarnya tidak ada sama sekali kemitrinya. Jadi diharapkan untuk lebih ebrhati-hati dan persiapkan hati pikiran untuk tidak mudah terpengaruh dengan kemistri yang penuh dengan sandiwara.

    ReplyDelete
  6. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018
    Membaca akhir tulisan Berkemistri, yang menyebutkan syarat berkemistri: niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, sifat baik, senang, kasih sayang, memaafkan, mencari ilmu, mencari kemampuan, mencari metode, tata cara, menggunakansopan santun, bersilaturahim, saling menolong, saling memahami, saling mengenal, saling bersatu dan tidak mencemooh, berpikiran positif dan berprasangka baik, saling merasakan, saling mendoakan, saling membantu, saling menjaga, menahan diri, bertutur kata baik, tidak menyakiti perasaan, menghormati perbedaan dan mencari persamaan, memaklumi kekurangan orang lain, selalu berikhtiar dalam kebaikan.
    Saya berkesimpulan kemistri itu akan didapat jika manusia mau memuliakan kemanusiaannya secara paripurna, dengan segala plus minusnya. Itulah insan kamil.

    ReplyDelete
  7. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Adanya kemistri karena adanya kecocokan atau kesamaan. Sering disebut bahwa orang yang berjodoh biasanya akan muncul kemistrinya. Misalnya saja seperti sama-sama suka membaca, menyuka warna yang sama, memiliki hobby yang sama, dan lain sebagainya. Seorang laki-laki memiliki kemistri dengan seorang perempuan, sehingga kesamaan tersebut menyatukan mereka dan membawanya pada jenjang yang lebih baik. Tapi ada kemungkinan juga seorang laki-laki memiliki kemistri dengan laki-laki sehingga terjalin persahabatan atau persaudaraan yang lebih erat diantara mereka. Kemistri hanya bisa tumbuh jika adanya kesamaan, tidak akan bisa mereka tumbuh jika tidak ada kesamaan. Jadi, kebaikan hanya bisa berkemistri dengan kebaikan dan keburukan juga hanya bisa berkemistri dengan keburukan.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  8. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    Assalamualaikum wr.wb.
    yang saya dapat dari tulisan ini adalah betapa pentingnya sebuah kemistri atau kecocokan, karena dengan adanya hasil disitu adanya kecocokan. misal burung merpati bisa berkembang biak dengan jenis burung merpati juga. itu dikarenakan sebuah kecocokan. karena pada intinya yang tidak cocok tidak akan menghasilkan hasil yang baik.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  9. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kata kemistri mengandung makna kesamaan, kecocokan, dan kesatuan. Yang artinya hidup membutuhkan adanya kemistri antara dua insan atau lebih demi tercapainya visi hidup yang sama. Munculnya kemistri karena adanya pembiasaan atau interaksi dengan orang lain. Semakin seseorang memperbanyak interaksi maka semakin kuat juga kemistri yang dibentuk. karena sebaik-baik kemistri adalah memperoleh kebaikan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  10. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Kemistri meurupakan suatu rasa yang cocok, dengan kata lain adanya suatu hubungan kecocokan dari satu atau lebih hubungan. Kemistri menandakan bahwa hubungan itu selaras dan saling cocok, keselarasan dan kecocokan suatu hubungan menyebabkan adanya saling-saling dalam kehidupan. Saling membantu, saling menghargai saling menghormati satu dengan yang lain, sehingga terciptanya keadaan yang harmonis.

    ReplyDelete
  11. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Setiap pasangan akan beranggapan bahwa mereka berhubungan karena mempunyai kemistri antar keduanya. Tetapi kemistri bisa antara hewan peliharaan dengan pemiliknya sehingga bisa terjalin batin keduanya yang bisa terbiasa untuk memahami keadaan suasana hati masing-masing. Bagaimana kalau kemistrinya antara hati dan pikiran saja? Hal tersebut sering diupayakan oleh manusia agar bisa terkoneksi dan bisa membuat tenang diri sendiri dan selalu berpikiran positif sehingga akan berefek pada kesehatan mental seseorang.

    ReplyDelete
  12. Lukman
    18701264003
    S3 PEP 2018

    Kemistri Manusia dan Alam

    Semprul: "Prul, tadi aku lihat di youtube ada bahwa lautan itu kalau tdk dicegah Allah SWT ingin menghancurkan manusia karena kemaksiatan yang dilakukan mereka. Benar po Prul?"

    Kemprul: "Iya benar...itu hadis Qudsi: Allah berfirman “Setiap hari lautan meminta izin kepada Tuhannya seraya berkata, ‘Wahai Tuhanku, berilah izin kepadaku untuk menenggelamkan anak cucu Adam, ia makan rezeki dari-Mu, tapi ia menyembah kepada selain-Mu.’ Langit juga memohon izin kepada Allah seraya berkata, 'wahai Tuhanku, berilah izin kepadaku untuk menelungkupkannya, ia makan rezeki dari-Mu, tapi ia menyembah kepada selain-Mu.’ Bumi juga memohon seraya berkata, 'Wahai Tuhanku, izinkan kepadaku untuk menelan anak cucu Adam, ia makan rezeki dari-Mu, tapi ia menyembah kepada selain-Mu.’
    Mendengar permohonan mereka, Allah swt. menjawab, 'Biarkan mereka, kalau sekiranya kalian menciptakan mereka, pasti kalian menyayangi mereka.”"

    Semprul: "Ngeri ya Prul?"

    Kemprul: "Itulah pentingnya manusia mengenal dirinya dan melebur kehendak bersama alam bersama2
    melakukan ketaatan kepada Allah SWT."

    Semprul: "Melebur kehendak bersama alam...ehm...caranya?"

    Kemprul: "Ikhlaskan dirimu seperti matahari memberi cahanya kepadamu."

    Semprul tertunduk...matanya mengembun...dan membatin...Ya Allah...ampunilah hambamu ini...

    ReplyDelete
  13. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Kemistri suatu rasa yang muncul pada diri seseorang yang dapat membuat seseorang merasa nyaman dan merasakan adanya sebuah keterikatan. Untuk membuat kemistri bisa diciptakan dengan kebiasaan bersama atau saling mengenal terlebih dahulu. Kemistri dapat dipertahankan dengan menjaga komunikasi. terimakasih

    ReplyDelete
  14. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Kemistri akan muncul saat kita merasa ada ketertarikan terhadap sesuatu hal, entah nantinya menjadi rasa suka, cinta ataupun rasa yang lainnya. Kemistri bukan hanya tentang perasaan kepada seseorang seperti lawan jenis, namun bisa juga kemistri terhadap teman ataupun keluarga. Kemistri erat kaitannya dengan kecocokan.

    ReplyDelete
  15. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Kemistri bisa dilakukan apabila pikiran positif kita terus berjalan. Tujuannya agar kemistri baik yang tercipta. Di sisi lain dibutuhkan sifat berbudi luhur dan pekerti yang baik agar kemistri yang baik tersebut bisa berjalan. Ikhtiar, berprasangka baik, niat dengan ikhlas menjadi suatu faktor terciptanya sebuah kemistri. Tidak ada yang tidak bisa karena setiap manusia lahir dengan membawa kebaikan dan kesucian. Oleh karena itu, kebaikan itulah yang bisa ditunjukkan agar kemistri positif bisa terwujud. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  16. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Mempunyai pasangan dalam kelompok kerja atau pasangan dalam hidup , hal utama yang dilakukan adalah mencocokkan kemistri masing-masing agar menjadi lancar untuk meghadapi segala permasalahan dan menyatukan pikiran agar tidak egois. Hal tersebut termasuk sulit karena tidak semua orang langung bisa mencocokkan kemistrinya dengan pasangannya karena harus melalui perdebatan jangka panjang dan juga membutuhkan waktu untuk bersama sehingga bisa memahami karakter masing-masing. Oleh karena itu kemistri juga jangan terlalu dipaksakan karena bisa menyakiti salah satu pihak dan akhirnya malah tidak bisa membangun kemistri bersama.

    ReplyDelete
  17. HANIF CAHYO ADI KISTORO
    S3 PEP / 18701264004

    "kemistri itu gampanange cocok lur.."kata markondang
    "la kok bisa kang"? jawab sareh
    "la apa mungkin saya bis cocok dengan orang lain yang bukan saudara saya"? timpal sareh lagi
    " jelas bisa to le..., la Gusti Allah menciptakan sesuatu itu berbeda"! imbuh markondang
    'sesuatu yang diciptakan itu, sudah di siapkan pasangannya"
    "kowe duwe bojo, yo bedo tur isoh cocok to?"
    " nek suduluran kui ideale marai cepet kemistri..."
    "tapi yo jenenge manusia kui ora kudu ngono, makane kudu sinau lan wawung karo liyan" ben semakain banyak kemistri semakain apik lan penak uripe" putus markondang sambil berlalu pulang

    ReplyDelete
  18. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Kemistri adalah Jalinan Hubungan atau lebih sering kita jumpai pada kata Ikatan batin antara sel satu dengan sel yang lain. Dalam paham Filosof, Kemistri adalah keterkaitan antara perasaan atau emosional seseorang.

    ReplyDelete
  19. Laily Amin Fajariyah
    19701261019
    PEP S3 tahun 2019

    Chemistry atau dibaca kemistri menunjukkan kesamaan arah dan keserasian. Saya sering heran dulu tatkala mendengar casting suatu drama dan netijen berkomentar "eh si Song Jung Ki dan Sing Hye Kyo" kemistri nya dapat banget. Mereka serasi. Atau ketika actor lain misalkan "eh Robert Pattison sama Kristen steward di film kemistrinya dapat tp tidak di kenyataan"
    Kenapa saya heran? Kenapa yang digunakan adalah kata kemistri? Bukan kata lain? Yang mungkin spt teori Bahasa. Language is an arbritary system alias bahasa iku sak karepe dewe. Atau mmg karena hub keserasian antar benda atau manusia ataupun bentuk kemistri lainnya memang melibatkan senyawa2 kimia? Ah ilmu saya belum sedalam itu. Saya sendiri sering menggunakan kata atau term dari dunia Fisika untuk menunjukkan keserasian hubungan dan gathuknya feeling antar dua manusia. Sy mengatakan "satu frekuensi".
    Ketika sepasang kekasih masih dalam satu frekuensi maka mereka masih bisa saling berkomunikasi meski tanpa kata atau sarana. Mereka masih gathuk. Nah mungkin satu frekuensi juga bisa dikatakan saling berkemistri? Bisa jadi. Atau ada kata lain yang bisa mengungkapkan istilah yang sama?

    ReplyDelete
  20. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Kemistri yang saya pahami adalah sebuah jembatan metafisik diantara dua objek yang berbeda atau lebih. Kemistri seperti sebuah penghubung tak kasat mata namun nyata adanya. Kemistri menjadikan dua benda atau dua insan atau dalam jumlah lebih bisa saling memahami tanpa adanya penjelasan secara tersurat. Memahami hal-hal yang mungkin saja beda menjadi suatu hal yang secara ikhlas diterima, dengan perasaan senang, dan hati yang terbuka. Adanya kemistri menjadikan dua hal yang berbeda menjadi saling terkoneksi dan membentuk jalan persamaan untuk mencapai visi atau tujuan yang sama yakni harmoni.
    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  21. Meilan Lengkong
    19701251011
    S2 PEP 2019

    Shalom
    Assalamuaikum wr wb ...

    Kemistri ternyata luas, tidak hanya sebatas 2 manusia yang saling mencari kecocokan satu sama lain, tetapi antara manusia-hewan, Manusia-benda, manusia-tumbuhan, manusia-alam. hewan-benda, hewan-tumbuhan, hewan-alam, tumbuhan-alam harus adanya kemistri atau kecocokan masing-masing.
    kecocokan yang seperti apa ?.
    kecocokan yang mampu menerima kekurangan dan kelebihan sebagai motivasi untuk membangun hubungan yang benar-benar dilandasi oleh Kasih dan tanpa harus berpura-pura.
    kecocokan yang tidak hanya menyatukan 2 atau 3 visi berbeda melainkan beberapa visi menjadi 1 tujuan yang Pasti.

    Sekian
    Terima Kasih Prof.

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum
    Ahmad syajili
    S2 PMD 2019
    19709251066

    Kemistri itu keserasian kecocokan, kesamaan tujuan semua makhluk hidup tidak hanya manusia sama manusia , hewan sama hewan juga dan tumbuhan sama tumbuhan juga. Mencari kecocokan itu sangat sulit karna kemistri itu tidak di dapat secara gamplang melainkan suatu yang harus di ciptakan karna terbiasa karena sering bertemu

    ReplyDelete
  23. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Mau tidak mau manusia wajib dan sudah berkemistri karena dengan kemistri itulah manusia saling membantu dalam hidup dan menciptakan kehidupan yang lebih baik. Tidak hanya kemistri dengan sesama manusia, tetapi juga sesama ciptaan Allah.
    Terimakasih

    ReplyDelete

  24. Ainun Mahfuzah
    19706261011
    S3 Pendidikan Dasar 2019
    Assalamualaikum, wr.wb?
    Kemistri berasal dari bahasa Inggris yaitu chemistry. Kata kemistri cukup familiardengan kata “hubungan”. Chemistry biasanya ditandai dengan rasa klik, klop, dan sebuah ikatan yang kuat antara 2 orang. Dalam chemistri ada energi metafisik yang tidak terlihat, semua diluar kesadaran manusia, dan tidak mudah dipahami karena menyangkut hati. Dan segala yang berkaitan dengan hati adalah Kuasa Sang Pemilik Hati yaitu Allah SWT.
    Wassalam, wr.wb

    ReplyDelete
  25. Heriansyah
    19701261017
    PEP S3 2019

    Kemistri adalah mengutamakan persamaan dan mengesampingkan perbedaan. Kalimat yg inspiratif prof.Perbedaan adalah sunnatullah dan keniscayaan, tetapi dibalik perbedaan itu ada unsur persamaan yg menyatukan seseorang. Problem kita adalah tidak mau mencari kemistri atau pura-pura tidak tahu bahwa kita memiliki kemistri yg dapat menghubungkan fisik, mental dan spiritual diantara kita. Kemistri adalah ukhuwah.

    ReplyDelete
  26. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pendidikan matematika 2019 /D

    kemistri terjadi diantara beberapa objek jika beberapa objek itu berkumpul maka beberapa objek itu bisa saling menerima, dan mengesampingkan kontradiksi-kontradiksi yang ada. Sebagai seseorang yang hidup dalam kebersamaan kami harus berupaya dengan sungguh-sungguh agar bisa memunculkan kemistri agar bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam setiap aktifitasnya.

    ReplyDelete
  27. Galih Istiningsih
    19706261009
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Kemistri dijabarkan prof. dari tingkat, sifat, lawan, metode, manfaat serta syarat. Untuk mendapatkan kemistri/ kecocokan hidup di dunia dibutuhkan syarat. Setelah syarat terpenuh akan menimbul satu frekuensi tingkat dan sifat sehingga akan membedakan lawan kemistri. saling kemistri menimbulkan manfaat di dunia dan akhirat. Semoga aktivitas kegiatan kita menimbulkan kemistri sesame makhluk hidup untuk mencapai keberkahan.

    ReplyDelete
  28. Assalamu'alaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    S2 PEP A 2019

    Menurut saya, kemistri ini seperti simbiosis mutualisme dalam ilmu biologi. Keduanya memiliki kesamaan saling menguntungkan. Perbedaanya terletak pada akibatnya, jika mutualisme mengakibatkan efek yang baik untuk masing-masing dengan keuntungan yang berbeda, misalkan lebah menghisap nektar dr bunga maka lebah mendapat keuntungan berupa cadangan makanan sementara bunga terbantu proses reproduksinya. Sedangkan kemistri, keuntungan yang didapatkan itu sama untuk semua objek yang terlibat dalam kemistri, misalkan dua muda mudi yang kemistrki maka akan mendapatkan kebahagiaan dalam berumah tangga.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  29. Hima Naili Hidayah
    19701251004
    PEP A S2

    Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
    Chemistry dalam bahasa inggris adalah kimia, sedangkan arti kimia sendiri yaitu susunan, struktur, sifat dan perubahan. Di dalam ilmu kimia juga terdapat beberapa topik yang membahas ikatan atom, interaksi antar zat-zat. Hal ini bisa katakan bahwa chemistry/kemistri merupakan suatu hubungan atau interaksi yang cocok antar orang, sifat, makanan, benda, tumbuhan, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya interaksi dapat menumbuhkan atau menambah kecocokan.
    Terima kasih prof.

    ReplyDelete
  30. Hanifah Nabila Hendral
    19701251003
    PEP A S2

    Assalamualaikum...
    kemistri memiliki banyak sekali manfaatnya,seperti yang telah diterangkan oleh Cangik, Kemistrinya bumi ke langit akan menimbulkan kedamaian dunia, kemistrinya langit ke bumi akan menurunkan rahmat dan barokah dan dalam kemistri hrus saling mendoakan, iklas, tidak sombong dan lain sebagainya. jika tidak kita sombong tentulah tidak akan kemistri bumi ke langit dan tentunya akan berdampak buruk bagi kita sendiri dan bahkan bagi orang banyak, karena saat bumi sudah tidak berkemistri dengan langit pastilah tidak akan ada perdamaian di dunia.
    terimakasih Prof, wassalamualaikum...

    ReplyDelete
  31. Anna Isabela Sanam
    19701251001
    S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (2019)
    Saya secara pribadi ketika mendengar kata kemistri secara spontan mengartikannya sebagai kecocokan, kepercayaan, sama sifat, perasaan nyambung, kekompakan dan lain sebagainya. Namun setelah membaca tulisan ini saya sadar bahwa benda mati yang ada disekitar kita pun dapat berkemistri. Pada akhir percakapan ketika diuraikan syarat untuk berkemistri maka inilah yang menjadi inti pelajaran hidup yang harus dimaknai secara mendalam. Kemistri tidak akan terjadi jika yang kita terapkan dalam hidup sehari-hari adalah kontroversial dengan syarat yang telah disebutkan. Mengapa? Karena dalam hidup sehari-hari, manusia akan selalu butuh manusia yang lain dan sebaliknya. Kemistri itu adalah “bisa menjadi” artinya bahwa ketika memiliki niat baik maka akan menjadi pahala, ketika berdoa bersyukur maka Tuhan akan menjawab doa-doa kita, ketika kita ikhlas maka akan ada ganti yang sepadan, ketika tidak sombong dan rendah hati maka kita akan disegani dan dihormati dan seterusnya. Sekiranya ini adalah kurang dan lebih pemahaman saya akan tulisan artikel ini.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  32. Hermawan Wahyu S
    Dikdas S3
    19706261012
    Asalamualaikum Wr Wb
    Pembahasan kemistri ini sangat luar biasa Prof. ... dapat dijadikan modal dalam kehidupan yang mana sejatinya sebagian dari dunia ini penuh dengan kemistri, penuh dengan kecocokan, kesesuaian, dan kesamaaan. Alangkah indahnya kehidupan ini jika hubungan antara manusia dengan manusia dapat mencapai kemistri yang tinggi. Orang dapat menghargai orang lain, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, menggunakan sopan santun, saling bersilaturahmi dan lainnya.
    Wass wr wb

    ReplyDelete
  33. Rifki Rinaldo
    Pendidikan Matematika S2 D
    19709251070

    Kemistri merupakan bagian dalam berhidupan. Allah SWT memberikan kemistri kesebagian yang diciptakannya untuk menjadikan kedamaian. Dalam hal ini juga peran penting untuk makhluk khususnya manusia membangun kemistri dengan yang lain. syaratnya seperti yang sudah dijelaskan prof, seperti harus ada niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, menjalin silaturami dsb. Walaupun masih adanya perbedaan, dengan kita menghargai dan menghormati perbedaan itu sudah termasuk membangun kemistri. Terimakasih prof.

    ReplyDelete
  34. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Inti dari kemistrian adalah mampu mengesampingkan ego dalam diri. Mengedepankan kepentingan bersama, menahaan emosi, mengikuti peraturan, menjalankan segala sesuatu dengan ikhlas dan penuh hati sehingga didapat kecocokan sebagai suatu kemistrian yang mutlak. Terimakasih Prof....

    ReplyDelete
  35. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019
    Kemistri adalah kesesuaian. Sesuatu yang sesuai akan menciptakan hal baru yang lebih indah. Kemistri yang dimaksud di sini sudah pasti kemistri yang positif sehingga dapat menimbulkan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Saya sependapat dengan pendapat bapak tentang kemistri orang dengan sifatnya yang kemudian disebut sebagai ukhuwah. Dalam islam, ukhuwah diartikan sebagai hubungan persaudaraan antar muslim. Jika semua umat muslim menyadari adanya kemistri diantara mereka, sudah pasti tidak ada perbedaan maka akan terjadi keselarasan dan menghilangkan perpecahan di antara umat. Oleh sebab itu sesame muslim seharusnya menjalin ukhuwah yang baik agar senantiasa bermanfaat bagi sesama.

    ReplyDelete
  36. Ratna Hidayah
    19706261007
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum, wr.wb
    Kemistri dapat dikatakan suatu ikatan batin dan penting dalam suatu hubungan. Kemistri dapat menjadi landasan satu hubungan agar hubungan tersebut menghasilkan sesuatu yang positif. Ikatan batin ini dapat terbentuk dengan pondasi spiritual. Pondasi spiritual ini dapat dibekali sejak dini.

    ReplyDelete
  37. Kemistri sering diartikan sebagai signal yang saling mengirim dan menerima perasaan dari lawan jenis. Kemistri tidak dapat dilihat dan disentuh. Itu hanya dapat dirasakan oleh perasaan. Jadi kalau berpatok pada definisi ini berarti kemistry itu adalah perasaan Mencintai dan dicintai, perasaan tertarik dan ketertarikan yang satu dengan yang lain. Oleh Karena kemistry berperan pada perasaan yang tidak kelihatan maka benda apa saja memiliki kemistry dengan benda lainnya. Jadi itulah makna kemistry yang ada didalam artikelnya prof

    ReplyDelete
  38. Choirul Amri
    (19709251078 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, Kemistri setelah saya pahami dalam bacaan yang Bapak sajikan diatas berarti memiliki arti cocok, menyempurnakan, adanya persamaan dan melengkapi. Kemistri dapat terbentuk sesuai kodratnya diciptakan, baik benda hidup ataupun material mati. Lalu apakah sesuatu yang berbeda tidak dapat menjalin kemistri? Tentu bisa, selama sesuai kodrat ruang dan waktu dan sesuai dengan adanya sifat persamaan atau menyempurnakan didalamnya. Bahkan yang sangat berbeda dan terpisah seperti langit dan bumi juga menjalin kemistri walaupun sangat berbeda keduanya, namun keduanya memiliki kemistri untuk menjaga ruang yang ditempati makhluk Allah di atas atau dibawahnya.
    Namun kemistri juga sesuai filsafat jika bertentangan dengan kodratnya maka tidak akan terwujud kemistri contoh misalnya dosa pahala, surga neraka, benar salah dan lain sebagainya.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  39. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    kemistri memiliki arti kesesuaian, kesamaan atau kecocokkan. kemistri punya ruang lingkup yang lebih luas cakupannya. Menurut Kelly Campbell,Ph.D, seorang profesor psikologi Universitas California, ia mengatakan bahwa tidak semua orang mengalami kemistri. kadang saya berpikir, seberapa pun kita berusaha, akan ada seseorang yang tidak mengerti bagaimana cara kita berpikir, apa maksud lelucon kita, apa yang kita inginkan, dan kita pun merasakan hal sebaliknya pada orang tersebut. Namun, setidaknya, dalam bermasyarakat kita perlu melakukan yang terbaik yang bisa kita berikan. Dan selama kita mengikuti norma sosial, mengikuti koridor agama, juga menjaga norma kesopanan, tentunya tidak akan ada masalah. Kita mungkin tidak dapat memaksa mereka untuk menyukai kita, namun tetaplah menjadi pribadi yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  40. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Kata kemistri merupakan kata serapan dari Bahasa inggris (yaitu Chemistry) yang berarti kimia atau ilmu kimia. Kata kemistri sering digunakan atau dipakai dalam konteks interaksi dan hubungan antara manusia. Kemistri bisa diartikan sebagai kesesuaian secara kimiawi antar dua orang atau lebih sehingga mereka merasakan kenyamanan dan kecocokan bila berdekatan atau bersama-sama. Kecocokan kemistri itu sendiri tumbuh dengan sendirinya, namun dalam kondisi tertentu, kecocokan tersebut bisa ditumbuhkembangkan. Contohnya dalam hubungan persahabatan, ketertarikan pada pandangan pertama juga bisa terjadi. Ini dikarenakan seseorang itu memiliki pengalaman karena sebelumnya pernah bersahabat dengan orang yang mirip-mirip gaya, sifat ataupun penampilan dengan yang baru ditemui tersebut sehingga merasa akan memiliki kecocokan bila menjalin persahabatan dengan kenalan baru tersebut.

    ReplyDelete
  41. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Seperti cerita diatas, kemistri bukan hanya pada manusia saja terjadi tetapi semua benda-benda hidup maupun mati bisa berkemistri. Dengan adanya kemistri, dunia akan semakin damai. Mengapa? Semua orang akan merasakan tali persaudaraan yang kuat, tidak ada perpecah belahan, orang-orang akan lebih mementingkan kepentingan bersama, mentaati peraturan-peraturan yang dibuat, menjalani semuanya dengan ikhlas dan sepenuh hati. Namun, kemistri yang dimaksud disini ialah kemistri yang bersifat positif sehingga nantinya akan menciptakan kedamaian dunia.

    ReplyDelete
  42. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika 2019

    Kemistri sangat diperlukan dalam kehidupan, baik antara benda hidup dengan benda hidup, benda mati dengan benda mati, maupun benda hidup dengan benda mati. Seperti yang telah dijelaskan di atas, banyak sekali manfaat adanya kemistri. Jadi alangkah baiknya jika kita saling berkemistri satu sama lain. Kita memang diciptakan berbeda, memiliki sifat-sifat yang berbeda, jadi mungkin sulit membangun kemistri dengan keadaan perbedaan tersebut. Namun percayalah, kemistri itu akan tumbuh perlahan-lahan seiring dengan berjalannya waktu ketika kita belajar untuk memahami satu sama lain. Dan yang terpenting adalah memahami perbedaan, pasti nanti akan muncul suatu celah untuk timbul kemistri tersebut.

    ReplyDelete
  43. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Kemistri mempunyai makna cocok, sesuai, sama sifat, sama tujuan, sama kebutuhan, sama judul, sama tema, banyak persamaannya, mengutamakan persamaan, mengesampingkan perbedaan. Dalam hubungan pertemanan, pasti ada satu atau dua orang yang tidak nyambung sama kita, atau sebaliknya. Mulai dari selera humor, sampai pada pola pikir yang berbeda. Kita memang tidak boleh memilih-milih dalam berteman, tetapi kemistri berperan dalam menentukan cocok atau tidaknya.

    ReplyDelete
  44. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Setelah membaca tulisan Bapak yang berjudul kemistri, dapat disimpulkan bahwa perlu disadari kita tidak dapat membuat semua orang menyukai kita. Namun, setidaknya, perlu melakukan yang terbaik yang bisa kita berikan selama kita berpegang teguh pada norma sosial dan norma kesopanan, serta mengikuti perintah dan menjauhi larangan agama.

    ReplyDelete
  45. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Kemistri memiliki peran penting dalam kehidupan, meskipun akan ada kondisi tidak berkemistri. Kemistri muncul seiring dengan berjalannya waktu. Kemistri juga membutuhkan usaha dari berbagai pihak. Seperti kemistrinya mahasiswa kepada pembimbing bisa mempercepat studi. Perlunya usaha mahasiswa untuk bimbingan dan menemui dosen pembimbing secara intensif, dibarengi dengan dosen pembimbing yang memberikan waktu dan kesempatan mahasiswa untuk berkonsultasi. Apabila keduanya berjalan selaras, maka kemistri tersebut dapat mempercepat studi.

    ReplyDelete
  46. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Saya sependapat dengan apa yang dikatakan Cangik bahwa kemistri itu cocok, sesuai, sama baik dalam sifat, tujuan, kebutuhan dan lain – lain. Karena memang hanya akan terjadi sebuah koherensi jika terdapat kecocokan satu sama lain. Maka sebaliknya tidak akan pernah koheren jika tidak terdapat kecocokan. Sebagai contoh kemistri umat kepada Tuhan akan menjadi sarana surga. Kemistri keluarga dan saudara bisa menambah rezki dan kemistri mahasiswa dan pembimbing akan memperlancar dan mempercepat studi.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  47. Alfiana Dewi
    S2 PEP
    19701251005

    Assalammualaikum
    kemistri adalah kecocokan yang bisa dilihat maupun dirasakan, secara lahir batin. Dengan adanya kemistri mudah untuk menjalankan visi misi secara bersama.Seperti suami istri, mahasiswa dan dosen, dll. Kemistri bukan hanya berkaitan dengan urusan dunia, namun juga urusan akhirat. Contohnya seperti tadi suami istri memiliki kemistri untuk menjalankan visi misinya menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah, mahasiswa dan dosen dalam hal belajar mengajar dimana mengajarkan ilmu bernilai ibadah dan mencari ilmu bernlai ibadah
    Sehingga kemistri kaitannya sangat erat untuk hubungan dunia dan akhirat

    ReplyDelete
  48. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Kemistri banyak digunakan dalam konteks hubungan antara sesama manusia, namun melalui tulisan Prof Marsigit saya menemukan banyak kemistri yang lain contohnya adalah kemistri antar benda-benda, dimana benda-benda yang memiliki sifat yang sama akan saling berkemisti. Kemistri antar manusia kadang dapat langsung terasa ketika mereka pertama kali saling bertemu atau dapat juga baru terasa setelah mereka beberapa kali saling berinteraksi. Menurut pendapat saya, kemistri tidak hanya muncul secara alamiah, namun dapat juga muncul dengan sengaja. Contohnya jika kita ingin memiliki kemistri dengan seseorang, maka kita melakukan beberapa langkah untuk menyesuaikan dengan orang tersebut. Seperti yang tertulis dalam tulisan Prof Marsigit bahwa syarat kemistri adalah niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, sifat baik, senang, kasih sayang, memaafkan, mencari ilmu, mencari kemampuan, mencari metode, tata cara, menggunakansopan santun, bersilaturahim, saling menolong, saling memahami, saling mengenal, saling bersatu dan tidak mencemooh, berpikiran positif dan berprasangka baik, saling merasakan, saling mendoakan, saling membantu, saling menjaga, menahan diri, bertutur kata baik, tidak menyakiti perasaan, menghormati perbedaan dan mencari persamaan, memaklumi kekurangan orang lain, selalu berikhtiar dalam kebaikan. Jika kita sepenuh hati menjalani seluruh syarat, maka kita akan dimudahkan untuk berkemistri dengan berbagai macam orang di sekitar kita.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  49. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Kemistri adalah seperti sebuah jembatan metafisik diantara dua atau lebih objek yang berbeda. Kemistri seperti sebuah penghubung yang tak kasat mata namun nyata adanya. Kemistri adalah bahasa hati namun belum tentu dapat dibahasakan oleh lisan. Kemistri menjadi unsur penting dalam menyatukan hal yang belum menjadi satu. Kemistri ibarat sebuah jalan yang dilalui oleh manusia yang memilihnya pada tujuan tertentu. Siapa saja yang memilih dan melalui jalan tersebut dapat dikatakan memiliki kemistri.

    Terimakasih Prof...

    ReplyDelete
  50. Hanifah nabila hendral
    S2 PEP A 2019
    19701251003
    Assalamualaikum
    Jikalau kemistri adalah bisa menjadi, maka benar adanya jika setangah yang di dunia ini saling berkemistri, sedangkan setengahnya lagi adalah tidak berkemistri. Surga tidak berkemistri dengan neraka, begitu juga sebaliknya. Karena tidak bisa mungkin yang haq dan bathil saling berkemistri. Kejahatan tidak berkemistri dengan kebaikan dan begitu pula contoh lainnya.

    ReplyDelete
  51. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C

    Kemistri berarti kecocokan, kecocokan akan menimbulkan rasa nyaman. Setiap kenyamanan akan membuat kita semakin baik dan produktif. Dalam berteman, membangun kemistri adalah hal yang utama. Bagaimana kita tumbuh, mau tidak mau akan dipengaruhi oleh lingkungan. Lingkungan yang baik dengan bibit yang baik maka akan menghasilkan kebermanfaatan, namun bibit yang baik yang hidup dalam lingkungan yang kurang baik akan berubah menjadi racun untuk dirinya sendiri. Ia tidak optimal dalam berkembang, ia kurang bermanfaat, kurang mengembangkan potensi yang ia miliki. Oleh sebab itu, bermanfaatlah, menjadi bibit unggul yang hidup dalam lingkungan yang baik. Berpindahlah jika dirasa lingkungan kita kurang cocok untuk potensi yang kita miliki. Dunia ini, banyak orang baik. Temukan atau ditemukan, dan dunia ini masih butuh lebih banyak lagi orang baik, maka jadilah salah satunya.

    ReplyDelete
  52. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Dari paparan diatas, sejauh ini yang dapat saya pahami bahwa kemistri sangatlah penting dalam kehidupan manusia. Terutama dalam segi bersosialisasi. Kemistri dapat tercipta saat terjadi kecocokan, kesamaan sifat dan tujuan seperti kemistri dengan orang lain akan menghasilkan pertemanan. Kemistri yang baik akan tercipta bila kita baik hati dengan orang lain, tidak sombong, dan tidak membeda bedakan. Memang terkadang tidak mudah untuk membangun sebuah kemistri yang baik, tetapi alangkah baiknya kita tetap bersikap bijaksana dan memandang dengan pikiran yang positif. Terima kasih

    ReplyDelete
  53. Tri Effiyanti
    19701261007
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 2019

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Pentingnya kemistri dikehidupan agar kita senantiasa mendapat kemudahan dalam setiap hal yang satu kemistri. Untuk setiap hal baru, kita perlu mencari kemistrinya, agar perjalanan kedepan dapat berjalan mulus. Seperti kemistri ekonomi yang akan memberikan banyak rezeki sehingga bisa dapat bersedekah lebih banyak. Memakmurkan orang yang belum berkecukupan.

    ReplyDelete
  54. Achmad Rante Suparman
    19701261010
    PEP S3 2019


    Assalamualaikum Wr Wb.
    Terima kasih atas tulisannya yang sangat bagus Prof.

    kata prof "Sesama golongan itu saling berkemistri", dan "Syarat berkemistri: niat, doa, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak egois, sifat baik, dll"
    Hal ini sejalan dengan pendapat Kelly Campbell yang mengatakan bahwa “Chemistry seringkali terjadi diantara orang yang rendah hati dan bijaksana”. Ini karena jika seseorang merasa nyaman dengan dirinya sendiri, maka mereka bisa lebih mengeskpresikan diri mereka yang sesungguhnya kepada dunia, dan itu mempermudah kita untuk dapat saling mengerti

    Kemistri adalah hal yang sangat menarik, kemistri artinya ada reaksi yang terjadi.
    Kerendahan hati dan ketidak sombongan juga terjadi dalam kimia yang sebenarnya, menurut hukum Proust, Jika 1 gram massa H2 direaksikan dengan 8 gram O2 maka akan membentuk H2O dengan perbandingan massa H2 dan O2 adalah 1 : 8, jika dalam kenyataan diberikan 1 gram H2 dan 9 gram O2, maka yang terbentuk tetap H2O dengan perbandingan H2 dan O2 tetap 1 : 8, dengan menyisakan 1 gram O2.
    Artinya bahwa dalam kehidupan kita ada kemistri dalam golongan yang sesuai dengan kaidah dan kriteria tertentu dan kesombongan hanya akan menjadi penghalang dan menjadi sisa yang akan terbuang.

    ReplyDelete
  55. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Kemistri bisa diartikan kedekatan atau keintiman antara dua orang dalam konteks relasi sosial. Maka bisa dikatakan dalam konteks umum, kemistri merupakan keintiman antara dua variabel, antara yang ada dengan yang ada, antara yang ada dengan yang mungkin ada. Kemistri tidak hanya muncul begitu saja, namun kemistri bisa dibangun dengan memberikan nilai-nilai yang masuk dalam variabel-variabel terkait. Nilai-nilai khusus yang masuk dalam semesta variabel terkait.

    ReplyDelete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Wiwin Mistiani
    19701261011
    PEP S3 2019
    Assalamualaikum wr.wb
    Menarik sekali ulasan prof..
    Saya sangat sepakat dengan ulasan prof salah satunya tentang kemistri yang paling tinggi adalah kemistrinya spiritual. Manusia yang berpandangan sama tentang spiritual maka mereka akan bekumpul dan membagun relasi sesamanya. Maka dalam hadis di sebutkan jika ada dua orang yang saling bekimistri atau saling mencintai di jalan Allâh, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya,maka mereka salah satu dari 7 golongan yang mendapat naungan dari Allah di hari kiamat..
    Semoga kita termasuk diantaranya ... Amiiiin..

    ReplyDelete
  58. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika 2019

    Biasanya kata chemistry sering digunakan untuk ketertarikan dan perasaan yang kuat antara dua orang. Meski tak selalu pasangan kekasih, namun kata ini kerap menggambarkan perasaan lelaki dan perempuan yang saling terhubung atau 'klik'.

    Dalam beberapa kasus, chemistry juga menjelaskan hubungan ke arah yang lebih intim secara fisik. Atau lebih singkatnya, chemistry adalah perasaan tarikan yang kuat di bawah sadar seseorang untuk orang lain tanpa keinginan dari dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  59. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika 2019

    Kemistri/Chemistry memang berhubungan dengan bahan kimia di otak yang memiliki banyak peran untuk mengembangkan perasaan di bawah sadar. Itu sebabnya kita tidak mungkin mengendalikan diri sendiri ketika kita merasa tertarik pada seseorang. Semua yang menggerakkan adalah otak.

    Ada beberapa sebab yang dapat membangkitkan kemistri, yakni: emosional, psikologis atau bahkan fisik. Sehingga sangat sulit untuk mengkategorikan atau menganggapnya apakah itu benar chemistry atau hanya gairah sesaat.

    ReplyDelete
  60. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika 2019

    Untuk mencari orang-orang yang memiliki kesamaan kemistri, kita hanya perlu membuka mata, membuka hati dan membuka diri dalam pergaulan karena biasanya mereka ada di lingkungan sekitar. Namun bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu dan keterbatasan pergaulan, bisa menggunakan kekuatan pikirannya (mind power) agar bisa didekati atau bertemu dengan orang-orang yang memiliki kesamaan chemistry dalam lingkungan pekerjaan atau dalam lingkup pergaulannya yang sempit itu.

    ReplyDelete
  61. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Kemistri biasanya populer dipakai dalam konteks interaksi dan hubungan antar manusia. Salah satu contohnya dalam mencari teman atau sahabat, seseorang juga cenderung menyukai orang lain yang banyak memiliki kesamaan dengan dirinya sendiri, sehingga sahabat juga menjadi cerminan diri seseorang. Seseorang yang bersahabat dengan orang-orang yang baik dan positif, berarti ia juga merupakan orang yang baik dan positif, begitupun sebaliknya

    ReplyDelete
  62. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Dari artikel yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa dalam berinteraksi dengan sesama manusia membutuhkan sebuah chemistry. Chemistri adalah sebuah kecocokan dan ikatan dalam sebuah hubungan. Yang terpenting dari sebuah chemistry adalah niat yang baik, tulus dan harus “saling” baik saling menolong dan saling memahami antar satu sama lain.

    ReplyDelete
  63. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Kemistri berkaitan dengan ukhuwah Islamiyah. Saling mengenal, saling memahami, saling tolong menolong, dan akhirnya melahirkan rasa senasib dan sepenanggungan, dimana saling mengutamakan persamaan dan mengesampingkan perbedaan, maka kemistri akan muncul. Berkemistri itu sesuai dengan sùbjek dan objek kemistri dan tingkatanya. Niat dan do’a sebagai salah satu faktor yang memperkuat kemistri. Selain itu, ikhlas, cinta, dan itsar merupakan tingkatan dalam menyempurnakan kemistri ukhuwah Islamiyah kita. Dengan demikian, ukhuwah Islamiyah akan semakin kokoh.

    ReplyDelete
  64. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019
    Kemistri merupakan kesesuaian yang mengutamakan persamaan dan mengesampingkan perbedaan. Berkemistri dengan kebaikan dan selalu berikhtiar dalam kebaikan merupakan syarat berkemistri agar menjadikan kita pribadi yang lebih baik.

    ReplyDelete
  65. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019
    Dari percakapan di atas, dijelaskan bagaimana hubungan ilmu pengatahuan yang diajarkan di sekolah dengan kemistri. Semua ilmu memiliki peranan masing-masing dalam mengajarkan kemistri sesuai tahapannya. Semua manfaat dari kemistri dalam kehidupan dapat kita rasakan dengan berbagai ilmu.

    ReplyDelete
  66. Dea Armelia
    19709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dalam konteks interaksi dan hubungan antar manusia, kemistri itu menyangkut rasa di hati. Dapat diartikan adanya rasa klik, nyambung, klop dan ada sebuah rasa ikatan yang kuat. Kemistri itu tidak timbul secara tiba-tiba, melainkan ada proses interaksi sebelumnya hingga merasakan klik, nyambung. Ada yang mengatakan hal yang banyak berpengaruh dalam menimbulkan kemistri adalah tingkat intelektual seseorang. Mengapa demikian? karena, dengan kesesuain tingkat intelektual antar dua orang maka akan memudahkan dalam saling memahami satu sama lain, tidak perlu banyak penjelasan seolah-olah sudah mengatakan “i understand”.

    ReplyDelete
  67. Duden Saepuzaman
    NIM. 19701261008
    S3 PEP 2019

    Tinjaun yang spesifik dalam bidang keilmuan kimia, chemistry biasanya diartikan sebagai sebuah ketertarikan antara molekul-molekul kimia dengan zat lainnya sehingga membentuk suatu reaksi kimia. Sedangkan Jika diaplikasikan dalam hubungan antar-manusia, chemistry bisa dikatakan sebagai kesesuaian secara kimiawi antara dua orang atau lebih sehingga mereka merasakan kecocokan dan kenyamanan bila berdekatan satu sama lain. Selama ini istilah chemistry/kemistri yang saya pahami hanya berfokus pada dua kajian diatas. Setelah membaca tulisan prof ini, saya menyimpulkan bahwa istilah kemistri bermakna sangat luas bergantung kemistri ini disandingkan dengan apa, keilmuan/objek apa yan mengikutinya....Terima kasih prof atas pencerahannya...

    ReplyDelete
  68. Adanya kemistri akan membentuk suatu ikatan hubungan. Namun, di setiap hubungan belum tentu ada kemistri terlebih jika hubungan itu tidak didasari dengan keikhlasan. Dalam hal ini, kemistri dalam suatu hubungan saya rasa lebih penting dari hubungan itu sendiri. Oleh karena itu, kemistri perlu dibangun sejak awal dengan landasan berbagai hal yang dipersyaratkan. Semoga di setiap hubungan ada kemistri, mulai dari yang kecil hingga besar, yang sederhana hingga kompleks, yang konkret hingga abstrak, yang material hingga spiritual, dan sebagainya. Lebih lanjut, dengan kemistri setiap hubungan menjadi harmonis dan penuh kenyamanan.

    Ikhsanudin (PEP-S3/19701261001)

    ReplyDelete
  69. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    kemistri adalah kecocokan yang bisa dilihat maupun dirasakan, secara lahir batin. Dengan adanya kemistri mudah untuk menjalankan visi misi secara bersama.Seperti suami istri, mahasiswa dan dosen, dll. Kemistri bukan hanya berkaitan dengan urusan dunia, namun juga urusan akhirat. Contohnya seperti tadi suami istri memiliki kemistri untuk menjalankan visi misinya menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah, mahasiswa dan dosen dalam hal belajar mengajar dimana mengajarkan ilmu bernilai ibadah dan mencari ilmu bernlai ibadah

    ReplyDelete
  70. Muh. Asriadi AM
    19701251008
    PEP A 2019
    Dari artikel yang dapat saya pahami adalah pentingnya sebuah hubungan atau kemistri. Kemistri merupakan mengutamakan persamaan, mengesampingkan perbedaan. Kemistri secara kebetulan bisa ditemukan pada saat yang tak terduga karena memang menemukan kemistri tidak semudah menemukan daun di kebun. Dalam mencari kebenaran dan dalam mencari ilmu, mencari dan memahami hubungan antar segala hal sangat penting. Begitupun dalam mencari kebenaran, maka mencari dan memahami maksud dan hubungan antar elemen suatu hal menjadi hal yang esensial. Kemistri hanya bisa tumbuh jika adanya kesamaan, tidak akan bisa mereka tumbuh jika tidak ada kesamaan. Jadi, kebaikan hanya bisa berkemistri dengan kebaikan dan keburukan juga hanya bisa berkemistri dengan keburukan.

    ReplyDelete
  71. Nani Aprilia
    19701261016
    S3 PEP 2019

    Kemistri adalah kecocokan yang timbul karena adanya stimulus dan respon. dalam membangun kemistri perli menguatamakan perasaan, dengan mengesampingkan perbedaan yang ada. kemistri merupakan sunnatulllah dan merupakan sebuah keniscayaan. kemistri adalah karunia dan ukhuwah.

    ReplyDelete
  72. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Seperti yang disampaikan oleh tokoh Cangik, kemistri dapat diartikan sebagai kecocokan, kesesuaian, kesamaan sifat, kesamaan tujuan, kesamaan kebutuhan, kesamaan judul, kesamaan tema dan kesamaan-kesamaan lainnya dengan mengutamakan persamaan namun mengesampingkan perbedaan. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menemukan kemistri, misalnya dalam pergaulan, kehidupan muda-mudi, dan lain sebagainya. Kemistri ini memberikan manfaat, sesuai konteks dimana kemistri tersebut terjalin. Misalnya dalam pergaulan maka akan membrikan manfaat perdamaian, kemistri muda-mudi bisa menjadi suami isteri. Agar terwujud kemistri, seperti yang disampaikan tokoh Cangik, yaitu harus didasari dengan niat, ikhlas, rendah hati, tidak sombong, tidak sombong serta sifat-sifat kebaikan lainnya.

    ReplyDelete
  73. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019

    Dengan mengutamakan kesamaan dan mengesampingkan perbedaan kemistri dapat menumbuhkan banyak hal positif dalam kehidupan. Kemistri tidak dapat muncul secara tiba-tiba, tetapi harus ada niat, doa, ikhlas, renda hati dll. Dengan kemistri akan banyak menghasilkan kebaikan dalam kehidupan.

    ReplyDelete