Sep 25, 2017

*ROMANTISME*



Oleh: Marsigit UNY
29 Juli 2017


*Limbuk*: Cinta itu apa yung?

*Cangik*: Cinta itu plus minus sayang plus minus kuasa.

*Limbuk*: Aneh definisimu?

*Cangik*: Itu bukan definisi. Itu analisis.

*Limbuk*: Lha sayang?

*Cangik*: Sayang itu rasa memiliki plus minus kuasa.

*Limbuk*: Lha kuasa?

*Cangik*: Kuasa itu plus minus mampu menjatuhkan sifat.

*Limbuk*: Lha sifat?

*Cangik*: Sifat itu plus minus kenyataan.

*Limbuk*: Lha memiliki?

*Cangik*: Memiliki itu plus minus memenuhi peperluanmu.

*Limbuk*: Lha kalau begitu?

*Cangik*: Dikatakan kamu memiliki sesuatu jika sesuatu itu dapat plus minus memenuhi keperluanmu.

*Limbuk*: Menjatuhkan sifat?

*Cangik*: Menjatuhkan sifat itu adalah plus minus menemukan kenyataan berdasar pikiran, perasan, penginderaan dan pengalamanmu.

*Cangik*:
Kamu dapat menemukan benda benda dengan penglihatanmu, pendengaranmu dst.

*Cangik*:
Jadi kuasa itu plus minus mampu menemukan dan menentukan kenyataan.

*Limbuk*: Lha kok dikatakan, sayang itu rasa memiliki plus minus kuasa?
*Cangik*: Rasa memiliki plus itu sayang. Rasa memiliki minus itu benci.

*Cangik*:
Jadi sayang itu merentang antara benci dan sayang.

*Cangik*:
Maka benci adalah sayang minus kuasa.

*Cangik*:
Jika kamu ingin memenuhi keperluanmu tetapi tidak kuasa memiliki maka sayangmu dapat berubah jadi bencimu.

*Cangik*:
Maka rasa sayang belum tentu baik jika itu men
gandung unsur kuasa.

*Cangik*:
Sayang plus kuasa bisa berubah menjadi menguasai.

*Cangik*:
Sangat sayang berarti sayang plus sangat kuasa, berarti mengekploitasi.

*Cangik*:
Sangat sayang minus kuasa bisa berubah menjadi sangat benci.

*Limbuk*: Lha cinta?

*Cangik*: Cinta itu plus minus sayang plus minus kuasa.

*Cangik*:
Cinta plus sayang itu cinta. Cinta minus sayang itu benci.

*Cangik*:
Jadi cinta itu merentang antara benci sampai cinta.

*Cangik*:
Cinta plus kuasa itu romantis. Romantis tanpa cinta itu kejam.

*Cangik*:
Cinta minus kuasa bisa berubah menjadi benci. Jadi benci itu cinta minus kuasa.

*Cangik*:
Cinta minus kuasa itu juga romantis. Romantis minus kuasa bisa menjadi benci.

*Cangik*:
Jadi romantis itu merentang antara benci dan cinta.

*Cangik*:
Romantis juga merentang antara benci dan sayang.

*Cangik*: Maka sebenar benar romantis adalah cinta plus minus sayang plus minus kuasa.

*Limbuk*: Lha kalau bertengkar?

*Cangik*: Bertengkar itu romantis berebut cinta, plus minus berebut sayang, plus minus berebut kuasa, ringan.

*Limbuk*: Lha perang?

*Cangik*: Perang itu romantis berebut cinta, plus minus berebut sayang, plus minus berebut kuasa, berat.

*Limbuk*: Lha perdamaian?

*Cangik*: Perdamaian itu romantis, saling memberi cinta, plus minus saling memberi sayang, plus minus saling memberi kuasa, ringan.

*Limbuk*: Cinta berat, dua sejoli?

*Cangik*: Cinta berat dua sejoli itu, itu romantis saling memberi cinta, plus minus saling memberi sayang, plus minus saling memberi kuasa, berat.

*Limbuk*: Lha romantisme?

*Cangik*: Sebenar benar hidup itu merentang antara perang dan damai ; antara bertengkar dan cinta berat. Maka sebenar benar hidup itu romantis. Dunia ini adalah romantisme. Maka ramantisme itu adalah dunia.

*END*

157 comments:

  1. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Saya menjadi belajar bahwa dalam hidup ini memiliki rentangnya masing-masing. Namun, pada rentang-rentang tersebut hendaknya berada dalam garis yang seimbang dan sesuai dengan porsinya (dalam arti tidak berlebihan). Ini berarti bahwa saat seseorang berada dalam garis yang seimbang maka cenderung untuk berinteraksi menjadi saling. Misalnya, adanya interaksi saling menyayangi, mencintai, memiliki, dan memberi. Suasana romantis juga akan tercipta dalam interaksi tersebut. Kita dapat membangun romantisme di dunia sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

    ReplyDelete
  2. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Setelah kami mencoba mencerna dialog ini, hal yang kami dapatkan adalah korelasi antara rasa sayang, benci, kuasa, dan cinta. Romantisme adalah kombinasi dari keempat hal ini dan pada dasarnya dunia dikendalikan oleh keempat hal ini, romantisme adalah dunia itu sendiri.

    ReplyDelete
  3. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Romantisme kehidupan dapat digambarkan dengan adanya perdamaian ataupun permusuhan. Dunia ini diciptakn dengan berbagai macam perbedaan. Jadi, perbedaan yang ada di dunia ini disatukan oleh adanya romantisme. Sehingga terciptalah perdamaian. Ketidak ada-nya romantisme bisa dipengaruhi oleh tidak adanya sifat toleransi dalam kehidupan manusia. Karena romantisme berbarengan dengan toleransi yang satu sama lain saling berhubungan. Jadi, dunia juga bisa dikatakan romantisme karena adanya toleransi.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  4. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP Kelas B 2017

    Cinta ada diatas kesadaran. Mencintai harus dalam keadaan sadar agar tidak menguasai, agar jarak kita jauh dari perang dan mendekati damai. Saya setuju degan Cangik bahwa rasa sayang belum tentu baik jika itu mengandung unsur kuasa. Karena kuasa yang hakiki yaitu Allah Yang Maha Kuasa. Jadi, dapat disimpulkan romantisme itu dunia yang bisa kapan saja perang dan damai, yang bisa kapan saja datang dan hilang.

    ReplyDelete
  5. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Romantisme terkadang identik dengan cinta atau perasaan.Falling in love biasa dilabelkan buat orang yang jatuh cinta.Ada sebagian orang juga mengatakan membangun cinta .Manakah di antara keduanya yang benar?Apakah kita membangun cinta atau jatuh dari cinta?Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  6. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Interval korelasi rasa sayang, kuasa, benci dan cinta dinamakan romantisme. Karena cinta itu kesadaran, mencintai tidak menguasai dengan keadaan sadar dan rasa sayang belum tentu baik andaikata menyimpan unsur kuasa. Kuasa sesungguhnya hanya milik Sang Khalik, Allah SWT.

    ReplyDelete
  7. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Romantis dari segi bahasa berarti bersifat seperti dalam cerita roman (percintaan), bersifat mesra, mengasyikkan. Begitu tercantum di KBBI, ketika kita saling memberi cinta, ketika kita saling memberi sayang maka kemesraan dan perdamaian yang kita dapatkan namun ketika cinta plus kuasa atau sayang plus kuasa maka bukan kemesraan atau perdamaian yang kita dapatkan melainkan kebencian dan peperangan.

    ReplyDelete
  8. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Maafkan kesombonganku. Ku pikir ini judul yang akan ringan di pikiranku. Ku pikir romantisme adalah "romantisme" yang ku ketahui selama ini. Ya, selama ini yang ku tahu adalah romantisme sebagai atmosfir dalam hubungan percintaan. Tapi sungguh, ternyata ini rumit. Benar-benar tak semudah yang ku bayangkan. Banyak "plus-minus". Ini adalah plus minus itu dan plus minus itu yang lain. Pelan-pelan kubaca ulang. Dan ssmpailah pada titik di mana daku mulai berani berkomentar. Tapi tunggu, ini bukan komentar yang orisinil, ternyata apa yang ada dalam pikiranku sudah menjadi pendapat orang lain, yaitu saudari uswatun khasanah, tapi tidak seluruhnya. Saya sependapat bahwa sebenar-benar hidup adalah yang seimbang. Pendapat saya selanjutnya: Ya, harus seimbang. Kita benar-benar harus berada pada titik seimbang. Kalau tidak, sangat mungkin kita terjebak pada pola kehidupan yang memiliki kenyataan kontradiktif. Kita bisa juga salah mengartikan posisi kita yang selalu dalam porsi
    "relatif"

    ReplyDelete
  9. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas sharingnya, Prof. Romantisme berada di antara damai dan perang. Romantisme berada di antara cinta berat dan pertengkaran. Hal ini menunjukkan bahwa segala sesuatu ada ujung-ujung ekstrimnya. Termasuk hubungan antara manusia, baik hubungan antara sepasang kekasih, antara anak dan orang tua, antar teman tidak akan baik terus, terkadang ada pertengkaran. Namun hal itu termasuk romantisme hubungan keduanya.

    ReplyDelete
  10. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    S2 PEP Kelas B 2017

    romantisme adalah soal cara, cara memaknai sesuatu dengan dalil-dalil keindahan. Dalam peradaban, banyak kita temukan wujud dari romantisme, misalnya aliran-aliran kepercayaan di Indonesia memaknai rasa syukur terhadap semesta dengan tarian dan musik persembahan. Begitu pula wujud romantisme antar manusia yang sering diwujudkan ke dalam cinta kasih hingga mampu membangun peradaban bersama. Namun, terkadang romantisme sering dihadapkan dengan kebencian, permusuhan dan peperangan. Sejatinya hal-hal tersebut adalah wujud dari ketidaktahuan akan romantisme.

    ReplyDelete
  11. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Saya belajar tentang hal bertentangan tetapi berhubungan. Segala sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan hal yang tidak baik meskipun yang berlebihan itu adalah hal yang baik. Sehingga untuk mewujudkan kenyamanan dan keselarasan dalam hidup perlu belajar untuk dapat menyeimbangkannya agar tercipta romantisme.

    ReplyDelete
  12. Riandika Ratnasari
    17709251043
    Pascasarjana Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Mengutip dari tulisan Bapak "Kita dapat membangun romantisme di dunia sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing". Saya dapat mengartikan bahwa apapun yang kita lakukan di dunia ini tidak boleh berlebihan dan tidak boleh kurang. Kita harus berada pada rentang lebih sampai kurang. Hal ini disebabkan kita hidup dihadapkan pada dua kemungkinan yaitu peperangan dan perdamaian. Mencintai dan menyayangi seseorang itu boleh tetaoi jangan sampai berlebihan dan jangan sampai kurang. Pada intinya semua yang kita lakukan memiliki takaran masing-masing. Terimakasih Bapak Marsigit.

    ReplyDelete
  13. Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    Terimakasih bapak pencerahannya mengenai romantisme, yang membuat kita menyadari bahwasanya hidup itu harus seimbang, merentang antara cinta dan benci, cinta dan kuasa, bertengkar dan cinta berat. Begitulah hidup, jika kita memberatkan antara satu sisi, maka sisi yang lain mungkin tak mampu untuk menyeimbangkannya.

    ReplyDelete
  14. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B (S2)

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Dapat dipahami dari postingan romantisme bahwa di dalam hidup harus lah sesuai dengn porsi yang seimbang. Ketika Cinta, sayang dan kuasa tidak ditempat kan dengn porsinya maka akan berdampak hal yang negatif yaitu menimbulkan rasa benci. Mengenai romantisme itu sendiri dalam kehidupan adalah keadaan yang bersifat negatif hingga positif, seperti yang dikatakan oleh cangik "Sebenar benar hidup itu merentang antara perang dan damai ; antara bertengkar dan cinta berat. Maka sebenar benar hidup itu romantis. Dunia ini adalah romantisme. Maka ramantisme itu adalah dunia."

    ReplyDelete
  15. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Setelah berusaha memahami dialog antara Cangik dan Limbuk, saya mulai mengetahui bahwa soal rasa, soal sifat akan mempunyai dua hal yang bertentangan. Keduanya seolah berada diujung yang bersebrangan, yang satu positif dan yang satu negatif. Seperti ketika merentangkan tangan, yang satu berada diujung sebelah kanan, dan satu lagi berada diujung sebelah kiri. Begitu juga dengan kehidupan di dunia ini. Bahwa sebenar-benar hidup itu merentang antara perang dan damai. Dimana didalam kehidupan terdapat rasa cinta, sayang, benci, dan kuasa. Dan sebenar-benar hidup adalah perpaduan antara keempat rasa tersebut yang kemudian dikenal dengan romantisme. Dimana romantisme itulah dunia itu sendiri.

    ReplyDelete
  16. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Menurut Erich Fromm ada dua jenis cinta. Pertama: cinta yang kekanakkanakan yaitu cinta yang menciptakan relasi mashokis-sadiatis. Pribadi yang mashokis adalah pribadi yang tidak berdaya, bergantung kepada pribadi yang sadistis. Menurut Erich Fromm, hubungan keduanya adalah hubungan yang tanpa integritas karena dilandasi dengan penaklukan. Kedua: cinta yang dewasa yaitu cinta yang emansipatroris. Hubungan yang berintegritas. Hubungan yang saling menghidupi dan mengerahkan segala kepribadiannya untuk kebahagiaan berdua. Dalam hal ini, saya sepakat dengan Erich Fromm. Cinta jenis yang kedua bagi saya adalah cinta yang romantis.

    ReplyDelete
  17. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Berdasarkan dari dialog di atas saya sedikit menarik kesimpulan bahwa di dalam kehidupan ini tidak ada yang sempurna pasti ada sisi lebih dan kurangnya. Begitu juga pada diri manusia, Maka dari itu manusia diciptakan oleh tuhan secara berpasang-pasangan. Dari sudut pandang saya Romantisme tercipta dengan adanya rasa saling menerima kekurangan dari masing-masing pasangan. Yang mempunyai kelebihan menutup kekurangan dari pasangan begitu juga sebaliknya yang mempunyai kekurangan akan merasa lengkap dari yang memiliki kelebihan karena bisa belajar bagaimana untuk menutupi kekurangan yang dimiliki.

    ReplyDelete
  18. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    Terimakasih prof, postingan ini menyadarkan saya bahwa romantisme itu terbentang antara benci dan sayang, selama ini saya berpikir bahwa romantisme hanya berada pada lingkup sayang saja. Romantisme mengajarkan kita kehdupan, bahwa tidah hanya berada pada keadaan baik saja tapi juga mencakup pelajaran akan hal-hal buruk. Benci dan sayang hanyalah dapat disambungkan dengan romantisme sabagaimana hidup dan mati yang saling berkaitan.

    ReplyDelete
  19. Devi Nofriyanti
    17709251041
    Pps UNY P.Mat B 2017

    Banyak sekali turunannya pak dari kata cinta.
    cinta --> sayang --> kuasa --> sifat --> kenyataan.
    maksudnya plusa minus disana "lebih dan kurang" ya pak?
    saya mengartikan cinta sebagai sesuatu yang indah, sebagai karunia dari sang pencipta. pemilik cinta yang hakiki adalah Allah SWT, sehingga setiap apa-apa yang kita cintai di dunia ini harus berlandaskan bahwa semuanya milik Allah dan akan kembali kepada Allah. dengan demikian kita tidak akan berlebihan dalam mencintai sesuatu.

    ReplyDelete
  20. Vidiya Rachmawati
    PM A

    Mengutip kalimat terakhir "dunia adalah romantisme, romantisme itu dunia". Di sini saya akan menggarisbawahi dua kata yaitu dunia dan romantisme. Dunia itu adalah namamu. Nama selalu melekat pada pribadi atau objek yang diberinama tersebut. Lebih lanjut lagi dunia mu itu adalah dirimu, bahasamu, segala sifatmu, dst. Nah hubungannya dengan romantisme, romantis erat kaitannya dengan kekasih. Setiap pribadi manusia tentu punya kekasih. Kekasih yaitu apa yang ingin dimiliki. Jadi kekasih tidak harus "teman dekat". Apa-apa yang ingin kamu miliki itulah kekasihmu. Jadi hubungan antara kamu dan duniamu dan yang kamu miliki itulah romantisme.

    ReplyDelete
  21. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Menurut saya cukup sulit memahami makna romantise yang sesungguhnya. Romantisme membentang di antara benci dan cinta dan disertai dengan segala macam plus minusnya. Oleh karena itu, kadar romantisme tiap orang akan berbeda - beda. Dalam menanggapi hal ini, tentunya dari masing-masing pribadi harus mampu membawa diri untuk menyertai romantismenya dengan plus-plus sehingga yang akan terbentuk dari romantisme adalah cinta, bukan benci.

    ReplyDelete
  22. Junianto
    17709251065
    PM C

    Romantisme yang saya tahu adalah cinta yang seimbang. Ada sebuah tindakan “saling”, saling memberi, saling berbagi, saling memotivasi, dll. Artikel Prof ini menyajikan romantisme dalam arti luas, yaitu dikatakan bahwa dunia dalah romantisme. Padahal dunia penuh dengan ketidakadilan, ada baik dan buruk, ada cinta dan benci, dll. Maka dari itu, yang saya pahami adalah romantisme itu memiliki makna luas. Ternyata romantisme juga bukan hanya tentang keseimbangan dan cinta tapi ada sisi negativenya juga.

    ReplyDelete
  23. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Segala sesuatu mempunyai kaidah didalamnya. Termasuk cinta, kasih sayang dan romantisme. Semuanya itu saling berkaitan. Keterkaitan dapat mempengaruhi satu sama lain. misalnya jika kita ingin memenuhi suatu keperluan tetapi kita tidak kuasa memilikinya maka sayang yang kita miliki dapat berubah mejadi benci.Jadi segala sesuatu harus sesuai dengan porsi atau kadar yang seimbang. Misalnya dalam Romantisme memiliki didalamnya porsi kasih sayang dan cinta. Dan kesemuanya harus seimbang.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  24. Semoga kita, manusia yang beriman mampu membangun romantisme antar sesame manusia. Alangkah indahnya jika kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena ujungnya akan tercipta perdamaian.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  25. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Dunia itu penuh kata romantis. Anak jaman sekarang pun sering bilang “so sweet...” . tapi dibalik itu semua, romantisme mengandung banyak analisis. Saya suka dengan analisis romantis itu merentang antara benci dan cinta. Maka sebab itu, ada istilah “benci lama-lama jadi cinta”. Bertengkar itu romantis berebut cinta, plus minus berebut sayang, plus minus berebut kuasa, ringan. Bertengakar bukan berarti hanya berselisih dan berujung perpisahan atau hal yang negatif, tetapi bertengkar versi romantisme dapat memberikan pengertian yang lebih dan dapat membuat menjadi plus cinta, plus sayang.

    ReplyDelete
  26. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Setelah membaca tulisan bapak, saya mendapatkan pemahaman bahwa segala sifat itu memiliki interval atau rentang. Interval ke arah positif akan membawa sifat yang positif, sementara interval ke arah negative membawa sifat negative. Sebagaimana definisi bapak mengenai romantic yang merentang dari cinta sampai benci. Dimana cinta merupakan kutub positif romantic, dan benci merupakan kutub yang berlawanan dari cinta. Cinta adalah tiadanya benci, dan benci adalah tiadanya cinta.

    ReplyDelete
  27. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Romantisme selalu identik dengan cinta. Romantisme identik dengan perlakukan kasih sayang terhadap seseorang. Belajar dari tulisan bapak romantisme tidak selalu akan berbuah manis , positif ataupu menyenangkan karena bisa saja berubah menjadi negatif. Oleh karena itu batas antara romantisme bersigat positif dan negatif sangat tipis dan kebuanya bisa bertukar tempat kapan pun. Terima kasih

    ReplyDelete
  28. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Terima kasih Prof, dengan tulisan ini kami para pembaca memiliki pengetahuan baru mengenai korelasi romantisme, sayang, benci, perang, damai, dan seterusnya.
    Segala sesuatu yang ada di dunia ini dapat dikorelasikan dan dicari rentangnya. Terinspirasi dari tulisan ini, semakin menggelitik untuk belajar mengkorelasikan poin-poin kehidupan yang ada di sekitar kita, yang ternyata semuanya punya korelasi dan memiliki rentang sendiri. Plus minus batasan yang telah disebutkan di atas tidak menjadi batas mutlak yang harus dilewati oleh sesuatu, namun kadangkala dalam kehidupan ada hal-hal yang mengaburkan batasan hal lainnya. Ambil contoh bahwa sayang plus minus kuasa. Biarpun seseorang yang sama memiliki ras asayang kepada orang lain, bisa saja kadarnya berbeda. Hal ini mungkin karena kadar kuasanya berbeda. Jika seorang guru menyayangi keluarganya sama dengan kadar sayangnya kepada muridnya justru hal tersebut tidak dibenarkan. Karena kuasa seorang wanita dalam keluarga entah sebagai seorang istri atau seorang ibu berbeda dengan kuasa seorang guru terhadap muridnya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  29. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C



    Jika dicermati kembali tulisan tersebut, perbedaan antara perang dan perdamaian tidak terlalu jauh sebenarnya. yakni yang kurang kata "saling". Jika perdamaian itu saling memberi cinta, saling memberi sayang, saling memberi kuasa,maka Perang itu berebut cinta yang artinya salah satu pihak tidak memberikannya, berebut sayang, serta berebut kuasa. Sama halnya dengan hitam dan tidak hitam, kita dapat mengetahui bahwa ada warna selain hitam karena eksistensi hitam. Flash back peperangan yang terjadi pada zaman Rosululloh SAW, ALlah dan kaum muslimin telah memberi banyak cinta dan sayang, namun kaum musyrik mengingkarinya dan menolaknya. Padahal kita tahu banyak orang yang berbondong-bondong menyatakan setia kepad nabi setelah mengetahui bahwa cinta dan kasih sayang Allah ialah benar dan murni serta adil kepada semua hambaNya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  30. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah
    Terimakasih prof. Marsigit atas dialog Limbuk dan Cangik kali ini. Saya baru menyadari segala yang ada dan mungkin ada, yang saling berpasangan dan berhubungan itu memiliki rentang atau interval seperti yang ada di matematika. Rentang tersebut kita atur ke arah mana kecenderungan hati, sifat dan sikap kita. Saya setuju bahwa cinta itu merentang antara benci sampai cinta. Jika interval minus atau ke arah negatif artinya cinta yang berlandaskan dengan ketulusan dan bahkan dapat menjadi benci. Sedangkan cinta pada interval plus atau ke arah yang positif, artinya cinta telah mencapai pada titik sangat sayang dan berkuasa untuk mendapatkan nya. Maka dari itu ketika cinta plus minus sayang plus minus kuasa akan jadilah Romantisme. Sebaik-baik romantisme kita curahkan kepada Sang Pencipta karena hanya Dia yang mampu berkuasa atas kita. Cinta dan Sayang Nya lah yang kita butuhkan untuk mendapatkan kehidupan yang penuh ridhoNya.

    ReplyDelete
  31. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Romantisme. Setelah membaca postingan bapak diatas, saya menjadi tahu bahwa sayang dan cinta memiliki rentang. Kemudian, yang saya perhatikan, selalu terdapat kata benci pada rentang tersebut. Ternyata cinta dan sayang yang sering orang-orang utarakan bisa berubah menjadi benci dengan hilangnya unsur kuasa. Maka, supaya suatu hal bisa berjalan dengan penuh rasa sayang, cinta, dan damai, diperlukan keihklasan pihak yang saling berhubungan untuk "saling memberi" kuasa satu sama lain.

    ReplyDelete
  32. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Romantisme dalam kehidupan manusia tercermin pada postingan ini. Benci kemudian sayang, atau sayang kemudian membeni menurut saya itu adalah hal yang lumrah. Karena manusia diberikan kemampuan merasa yang lebih oleh SWT dengan mengekspresikan semua rasa itu dalam bentuk yang berbeda-beda.

    ReplyDelete
  33. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Berbicara tentang romantisme maka kita akan berbicara tentang cinta, sayang, kuasa dan benci. Dari bacaan Bapak di atas, beliau menyampaikan penjelasan cinta dengan plus minus sayang plus minus kuasa dan begitu dengan penjelasan yang lain, menggunakan pus minus, yang artinya bahwa semua itu haruslah seimbang. seimbang antara kuasa dan sayangnya. Analogi yang indah yang digunakan untuk menggambarkan keseimbangan. Sehingga diambilah kesimpulan bahwa romantisme itu dunia. Keseimbangan dunia itu sendiri. indah dan sangat harmoni sekali. Sehingga perlu menjadi suatu keyakinan mendalam bahwa dunia ini sejatinya romantis, ia memuat keseimbangan itu, maka kita haruslah mensyukuri keseimbangan dunia ini. Keseimbangan kebaikan.

    ReplyDelete
  34. Gamarina Isti Ratnasari
    Pendidikan Matematika Kelas B (Pasca)
    17709251036

    Romantisme dapat diartikan sebagai konsep yang menekankan kedalaman emosi atau perasaan yang dimiliki oleh manusia. Dalam kehidupan ini tidak akan terlepas dari benci dan cinta. Atau pada dunnia ini lebih dikenal sebagai perang dan cinta, antara bertengkar dan cinta. Selallu ada sisi penerima dan pemberontak. Maka keseimbangan antara dua kontradiksi tersebutlah yang menjadikan romantisme di dunia. Karena pabila dunia ini hanya terdapat cinta saja maka kita tidak akan tahu bagaimana keindahan dari cinta tersebut dikarenakan tidak ada pembandingnya. Kita akan merasa biasa saja dalam menggapai cinta dikarenakan ridak ada pembedanya. Begitu pula dengan benci, orang tidak akan mengetahuui begitu menyakitkannya rasa benci apabila dia tidak pernah merasakan cinta, karena tidak ada pembeda sama sekali. Oleh karena itu hargai setiap perasaan yang dimiliki manusia karena perasaan benci dan cinta merupakan romantisme di dunia inil.

    ReplyDelete
  35. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Menarik sekali prof, sering mendengar kata "mencintai tak bisa memiliki". Semua yang kita inginkan belum tentu baik untuk kita, sebaliknya yang tidak kita inginkan bisa jadi baik untuk kita. Kehidupan ini ada pasang surutnya, ditengah-tengahnya ada romantisme. Hidup tanpa romantisme akan monoton. Jadi wajar kalau dunia adalah romantisme.

    ReplyDelete
  36. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    “Dunia itu romantisme dan sebenar-benar hidup itu romantis” Romantis membentang antara perang dan damai, berhubungan erat dengan cinta, sayang, dan kuasa. Maka sebenar-benar hidup tidak akan lepas dari ketiganya. Menjaga ketiganya berjalan pada kadar yang tepat menurut ruang dan waktu yang pas, adalah kunci untuk membangun hidup romantis, hidup yang penuh dengan kedamaian. Sebaliknya, ketika ketiganya lepas kendali, berada pada kadar yang kurang tepat, benci akan menguasai dan peperangan bisa saja terjadi.

    ReplyDelete
  37. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof, dari artikel diatas kami bisa memaknai bahwa sesungguhnya romantisme dibentuka dari 4 hal yakni rasa sayang, kuasa, benci dan cinta. Keempatnya saling berkaitan satu sama lain. Seperti hal nya manusia yang diciptkan dengan kekurangan masing-masing maka romantisme hanya akan tercapai jikalau kita dapat menerima kekurangan satu sama lain.

    ReplyDelete
  38. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Hidup itu romantis.. Dari awal Tuhan menciptakan dunia sangatlah romantis. Manusia yang hidup dalam dunia kadang tak menghargai romantisme dunia itu sendiri. Romantisme tak hanya masalah senang-senang saja dalam plus, tapi juga yang kurang menyenangkan dalam minus. Hidup yang romantis adalah hidup yang memiliki saat turun naik dan tak hanya datar. sSperti gelombang yang terlihat lebih romantis dibanding garis lurus yang kaku. Dunia itu romantis, ketika kita bisa mensyukuri segala kebahagiaan dalam plus dan ketidakbahagiaan dalam minus dan memaknai seluruh kejadian kehidupan dunia dengan amat ikhlas. Saya percaya, romantis adalah dunia, dunia itu romantis..

    ReplyDelete
  39. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Analisis dari cinta adalah sayang dan kuasa. Sayang di hubungkan dengan rasa, diman rasa merupakan ranah spiritual yang dapat diturunkan dalam ranah fisik dengan menunjukan rasa sayangnya dengan sebuah tindakan. Kuasa dihubungkan dengan menjatuhkan sifat diman sifat adalah sebuah kenyataan yang merupakan ranah ilmu. Sayang dan Kuasa sendiri memiliki dua sifat yaitu plus dan minus. Sayang minus kuasa dapat menjadi sebuah benci sedangkan sayng plus kuasa artinya memiliki. Jadi sayang itu merentang antara benci atau memiliki

    ReplyDelete
  40. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Setiap rasa yang ada mempunyai batasan, tidak bisa berlebihan ataupun kekurangan (seimbang). Cinta dan sayang mempunyai nilai minus maka akan menjadi benci. Begitu pun sebaliknya jika berlebihan dalam dalam cinta dan sayang akan ada rasa menguasai sehingga akan menimbulkan rasa benci. Setiap rasa yang ada haruslah seimbang maka dengan adanya keseimbanga (seseuai porsi) akan timbul rasa kedamaian atau romantisme.

    ReplyDelete
  41. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Selama ini romantisme lebih banyak digunakan untuk menggambarkan suasana antara dua orang yang saling cinta. Saya diajak untuk melihat lebih jauh mengenai cinta dan romantisme ini, dan ikut merasakan kepenuhan dunia ini dengan romantisme, yang terbentang antara perang dan damai, cinta dan benci. Ya, saya merasakan dunia yang demikian itu. Selalu ada upaya untuk menggapai memberi cinta.

    ReplyDelete
  42. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Romantisme, dari ulasan ini saya belajar untuk menyelaraskan rasa sanyang, benci, kuasa dan cinta agar tercipta romantisme kehidupan. Cinta, sayang, kuasa dan benci itu selalu menjadi bagian dari kehidupan dunia. Kita harus pandai dalam menempatkannya, janganlah berlebihan. Berlebihan bukanlah sesuatu yang baik. Misalnya saat kita terlalu menyayangi maka kita akan punya ambisi untuk menguasai, itu bukanlah hal yang baik karena akan berujung pada sebuah pertengkaran. Terimakasih.

    ReplyDelete
  43. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Menurut elegi di atas, sebenar-benar hidup itu merentang dari perang ke damai serta dari bertengkar ke cinta berat. Dan sebenar-benarnya dunia adalah romantisme. Dunia yang dipenuhi oleh cinta, sayang, suka, benci, dan kuasa merupakan romantisme. Dunia yang hanya dipenuhi oleh cinta akan membuat dunia menjadi tidak hidup. Dunia yang dipenuhi oleh benci juga akan membuat dunia menjadi tidak disukai. Tetapi kolabarasi keduanya akan membuat dunia menjadi romantis. Dengan adanya benci dan cinta, orang-orang dapat merasakan indahnya cinta dan buruknya benci. Dan ini akan membuat dunia menjadi semakin indah (romantisme).

    ReplyDelete
  44. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Membaca elegi ini menjadikan saya menyadari bahwa romantis itu tidak sesederhana ketika kita mengucapkannya. Bahwa romantis itu bukan semata-mata senang-senang saja. Tetapi romantis itu merentang antara perang dan damai, antara bertengkat dan cinta berat. Maka suatu hubungan dalam keluarga dikatakan romantis bukan karena mereka tidak pernah bertengkar, bukan karena mereka selalu mencintai, tetapi karena mereka mampu menyeimbangkan rasa cinta dan rasa benci, menyeimbangkan antara bertengkar dengan cinta berat. Maka ada benarnya jika benci dan cinta itu beda tipis. Cinta ada karena adanya rasa benci, dan rasa benci muncul karena adanya cinta. Maka kita harus pandai mengelola rasa agar jangan sampai ketika kita mencintai kita mencintai terlalu dalam sehingga memiliki rasa ingin menguasai. Ketika kita membenci hingga perang tanpa berkesudahan.

    ReplyDelete
  45. Eka Luthfiana Kathifah
    17709251062
    PPs P.Mat C

    Assalamu'alaikum wr wb.
    selama ini banyak yang bertanya apa perbedaan antara sayang dan cinta? namun belum pernah ada jawaban yang benar-benar bisa membedakan antara keduanya. setelah membaca postingan dialog diatas saya menjadi tau apa perbedaan antara cinta dan sayang. cinta jika dikombinasikan dengan kuasa maka akan menjadi romantis. namun jika sayang dikombinasikan dengan kuasa maka akan menjadi menguasai, mengeksploitasi. berdasarkan dialog diatas, yang saya tangkap tingkatan cinta lebih tinggi daripada sayang.

    wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  46. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Dari percakapan yang di paparkan diatas menggambarkan kehidupan anak muda yang masih mabuk cinta. Cinta itu merentang antara benci hingga cinta. Cinta dapat berubah menjadi benci, benci dapat berubah menjadi cinta. Tidak ada batas yang jelas antara cinta dan benci. Cinta yang berlebihan dapat berubah menjadi benci, benci yang berlebihan dapat berubah jadi cinta. Cinta itu mungkin benci, benci itu mungkin karena cinta. Baik cinta maupun benci itu kehendak tuhan, tidak ada kuasa manusia yang mampu merubah cinta, merebut cinta, menciptakan cinta, merncanakan cinta ataupun sebaliknya.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  47. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Hidup manusia, khususnya dalam hal kehidupan sosialnya tidak akan pernah berada dalam suatu kepastian. Pasti berubah-ubah setiap saat. Kadang dua orang saling membenci tetapi kadang juga saling saying. Maka kehidupannya diantara benci dan saying. Kadang toleransi kadang otoriter, maka kehidupannya berada di antara memberi kuasa dan berkuasa. Bahkan benci pun juga ada rentangnya ada yang benci sekali da nada yang benci karena suka. Saying juga memiliki rentang, antara sangat saying dan saying yang sedikit sekali.
    Semua sifat atau perasaan manusia itu ada di interval bukan di suatu titik pasti. Maka apabila dua orang sedang bermusuhan, maka kedua-duanya sedang dalam interval yang mendekati titik kebencian. Apabila dua orang saling cinta, maka keduanya ada dalam interval mendekati cinta. Romasntis juga berada di interval, maka kehidupan kita ini adalah romantis juga. Namun, romantis yang seimbang ialah apabila keduanya di interval yang seimbang. Jika ada yang berkuasa maka ada yang memberi kuasa. Jika ada yang cinta maka kadang muncul benci juga. Sehingga seimbang dan tidak monoton.

    ReplyDelete
  48. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Hidup itu penuh kontradiksi, ada positif ada negative, ada baik ada buruk, ada kedamaian ada pula peperangan, ada kejahatan ada pula kebaikan, dll dan hidup adalah interaksi antara keduanya. Kontrakdiksi terjadi dalam segala hal termasuk dalam romantisme, pada awalnya saya mengganggap bahwa jika mendengar kata romantisme yang teringat-ingat hanyalah ada kasih saying, cinta dll. Namun ternyata dalam romantisme pun terjadi kontrakdiksi, yaitu ada benci, ada bertengkar. Setiap dalam hubungan pasti akan terjadi kedua hal tersebut suatu saat sayang, cinta, akur namun suatu saat juga bisa terjadi benci, pertengkaran, tidak suka. Sehingga dalam romantisme pun kita perlu menyeimbangkan antara keduanya agar yang terjadi adalah keharmonisan. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum,wr.wb.

    ReplyDelete
  49. Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    Bacanya senyum2 sendiri mengingat dunia yang cinta, benci, kuasa, sayang, peperangan, perdamaian ada didalamnya.
    Terimakasih dunia sudah banyak memberikan romantisme
    Romantisme yang tak kekal

    ReplyDelete
  50. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Dalam menjalin suatu hubungan pasti ada kurang lebihnya, dalam beruah tangga pasti tekadang kita menemukan suatu perbedaan pendapat. itu tergantang kepada diri kita masing-maisng dalam menyikapinya. Dalam setiap perkuliahan, bapak selalu menceritakan bagaiman membangun sebuah harmoni dalam rumah tangga, saya yang masih tergolong baru dalam berumah tangga, seperti mndapatkan sebuah pengalaman yang bagus yang mungkin bisa kami teladani dalam membangun rumahtangga.

    ReplyDelete
  51. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Segala sesuatu di dunia merentang dari yang positif dan negatif. Akhir dari keduanya tergantung dari kualitas kuasa yang kamu berikan. Kuasa yang berlebihan akan melahirkan disharmonisasi, begitu juga kuasa yang sangat minim sama artinya dengan acuh maka juga tidak akan mencapai harmonisasi. Maka sebenar-benar orang yang cerdas adalah mereka yang mampu menentukan kadar kuasa terhadap sesuatu yang ada dan yang mungkin ada pada ruang dan waktu yang tepat sehingga menimbulkan romantisme kehidupan.

    ReplyDelete
  52. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Suatu kehidupan yang dijalani pasti ada sisi plus ataupun minusnya. Tergantung bagaimana kita melakukan kontrol diri terhadap apa yang akan kita lakukan. Romantisme merupakan suatu harmonisasi kehidupan yang terjadi apabila memiliki kecocokan pandangan di dalam menyikapi suatu kejadian yang meliputi fenomena dan neumena hidup.

    ReplyDelete
  53. Insan A N/PPs Pm C 2017
    Melihat dunia sekarang,seperti kata orang, romantisme hanya ada di dunia televisi dan peran. Romantisme sesungguhnya adalah rasa saling memiliki, plus kuasa yang tinggi. Romantisme juga bisa berarti saling membenci, plus rasa sayang.Maka romantisme dalam pembelajaran adalah rasa saling menyayangi antara siswa dan guru, plus kuasa guru.

    ReplyDelete
  54. Yolpin Durahim
    17709251029
    Pps. P. Mat B 2017
    Cinta adalah kenyataan rasa yang tidak bisa direkayasa. Kehadirannya bahkan tak bisa diduga, kepergiannya tak bisa ditebak. Cinta dan benci bedanya sangat tipis. Jika ada yang memuja cinta terlalu tinggi maka bersiaplah merasakan benci. Pun jika ada yang terlalu menjunjung kebencian maka bersiaplah untuk jatuh ke dalam kecintaan yang dalam. Sebagaimana ada pepetah bijak mengatakan, cintailah sesuatu sekedarnya saja dan bencilah sesuatu sekadarnya saja.

    ReplyDelete
  55. Yolpin Durahim
    17709251029
    Pps. P. Mat B 2017
    Terkadang saya bingung. Manakah yang lebih dulu hadir, cinta atau sayang? Apakah keduanya seimbang? Apakah cinta bagian dari sayang, atau sayang bagian dari cinta? Ataukah keduanya saling beririsan? Entahlah. Yang saya tahu, tersebab cinta dan sayang maka romantisme ada.

    ReplyDelete
  56. Pangestika Nur Afnia
    PEP B S2
    17701251037

    Selama ini saya mengaitkan romantisme dengan perasaan cinta dan kasih sayang. Bahwa romantisme dimiliki oleh orang-orang yang saling jatuh cinta dan saling menyayangi. Ternyata makna romantisme tidak sebatas itu. Dunia itu romantis. Dalam dunia ada kehidupan yang merentang antara perang dan damai, antara bertengkar dan cinta berat. Maha Suci Tuhan yang menciptakan dunia dengan begitu romantis. Maka benarlah judul buku dari Azhar Nurun Ala, Tuhan Maha Romantis.

    ReplyDelete
  57. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Romantis mencakup segala yang ada dalam hidup, maka romantisme adalah kehidupan ku. Romantis tidak hanya hal-hal yang indah saja, karena romatis merentang dari benci hingga cinta, romantis juga merentang dari benci hingga sayang. Romantis tidak akan lagi menjadi suatu keindahan atau dapat dikatakan romantis minus jika sang subjek romantis tidak mampu memiliki kebutuhannya. Oleh sebab itu, tidaklah baik terlalu berambisius untuk mendapatkan sesuatu, apalagi itu masalah perasaan cinta, sayang, dan romantisme. Jika itu gagal dimiliki, maka minusnya akan sangat berat yaitu akan jadi benci. Maka, cinta-sayang lah sewajarnya, karena cinta dan sayang yang absolut hanyalah untuk Allah SWT.

    ReplyDelete
  58. Metia Novianti
    17709251021
    P.Mat A S2 2017

    Kita mungkin tidak asing dengan kata romantisme. Sebagian besar dari kita sering menghubungkannya dengan cinta. Banyak hal terkandung dalam romantisme itu sendiri, seperti cinta, sayang, kuasa bahkan benci. Romantisme itu merentang antara cinta dan benci, antara perang dan damai. Romantisme hendaknya dapat kita tempatkan sebaik-baiknya, sesuai porsi agar tidak berlebih-lebihan. Karena sesungguhnya Allah SWT tidak menyukai sesuatu yang berlebihan. Tempatkanlah cinta dan sayang sesuai porsinya, mencintai sesuatu tidak boleh melebihi cinta terhadap Allah SWT dan cintailah sesuatu karena Allah SWT.

    ReplyDelete
  59. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Istilah romantis merupakan suatu kata yang sudah familiar ditelinga kita. Istilah ini juga dikenal dengan kata romansa. Romansa sendiri dapat diartikan sebagai perasaan emosional yang melibatkan orang lain dalam suatu kasih sayang. Sedangkan romantis adalah sifat yang berkaitan dengan romansa tadi. Dengan kata lain, romantis itu sesuatu hal yang mengundang perasaan kasih sayang yang bersifat emosional di antara pasangan atau sekelompok orang. Namun terkadang dimodifikasi menjadi sesuatu yang bersifat penuh suasana cinta yang indah di antara pasangan.

    ReplyDelete
  60. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Sifat romantis merupakan salah satu sifat yang juga telah dicontohkan Rasulullah SAW, namun Rasul mencontohkannya dalam ruang dan waktu yang tepat yang kemudian kita ketahui melalui risalah-risalah kehidupan beliau. Dalam berpasangan misalnya, sifat romantis akan menjadikan hubungan lebih langgeng, sehingga walaupun hanya dengan menunjukkan perhatian-perhatian kecil seseorang dapat dianggap romantis.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  61. Gerakan romantisme, pada tahap awalnya, tidak bersangkut-paut dengan filsafat, kendati jauh sebelumnya ia memiliki hubungan dengannya. Tetapi untuk kedapannya romantisme bisa diartikan apa yang sering disebut sebagai tren filsafat atau suasana peradaban rasionalitas pada waktu itu, yang lebih mengedepankan perasaan, nafsu, hasrat, kehendak dan passion. Romantisme merupakan sebuah aliran filsafat yang berasal dari istilah romans, yang dalam dunia literasi dinisbatkan sebagai narasi heroik prosa atau puitis yang berasal dari sastra Abad Pertengahan, yang kemudian dipengaruhi dengan sangat kuat oleh gerakan Revolusi Industri dan Revolusi Prancis.

    ReplyDelete
  62. Junianto
    PM C
    17709251065

    Romantisme memiliki makna yang luas, dikatakan bahwa sebenar-benar dunia adalah romantisme. Dari artikel ini bisa saya pahami bahwa apapun yang terjadi adalah merupakan romantisme. Kebaikan, keburukan, cinta, benci, adil, tidak adil dan semua dinamikan kehidupan merupakan sebuah romantisme. Inilah cara Tuhan menebar keromantisan pada manusia agar dunia itu seimbang dan tidak monoton. Ini menunjukkan juga bahwa dua hal yang saling bertolah belakang tersebut merupakan sebuah keseimbangan dunia.

    ReplyDelete
  63. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Romantisme sering kita dengar sebagai sesuatu yang bernuansa kasih sayang. Artinya dipandang sebagai segi positif, romantisme akan menciptakan kedamaian dan kesenangan serta kegembiraan karena didasari dengan rasa kasih sayang tadi. Maka sebaaik-baiknya hidup akan lebih baik lagi jika menjaga keromantisan kepada sesama manusia sehingga menciptakan keharmonisan.

    ReplyDelete
  64. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Seseorang sesungguhnya akan merasakan apa yang dirasakan orang lain jika mereka saling bersinergi untuk saling memahami apa yang dilakukan oleh orang lain. romantisme kehidupan akan terjalin dengan baik jika memang adanya sikap toleransi antar sesama sehingga mereka sadar apa yang dilakukan belum tentu benar dan apa yang dilakukan orang lain belum tentu salah.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  65. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Romantisme itu penting dalam hidup. Romantisme harus ditumbuhkan dalam hidup misalkan dalam pembelajaran, pertemanan, keluarga dan lain sebagainya. Wujud romantisme yaitu kasih sayang, perdamaian, dan lain lain. Sebenar-benar hidup adalah romantis.

    ReplyDelete
  66. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Mungkin di mata dunia romantis itu sebuah ketidaksempurnaan, karena romantis itu plus minus cinta plus minus kuasa. Dunia memandang kesempurnaan itu hanya plus tanpa minus. Apalagi romantis itu merentang antara cinta dengan benci. Merentang berarti berjarak, dari jarak tersebutlah muncul kuasa, kuasa untuk plus cinta atau plus benci.

    ReplyDelete
  67. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Menurut saya romantisme adalah suatu hal yang dibatasi oleh benci dan sayang, sebelumnya saya berpikir bahwa romantisme hanya berada pada sekitaran sayang saja. Romantisme mengajarkan kita kehidupan, bahwa tidah hanya berada pada keadaan baik saja tapi juga mencakup pelajaran akan hal-hal buruk. Benci dan sayang hanyalah dapat disambungkan dengan romantisme sabagaimana hidup dan mati yang saling berkaitan.

    ReplyDelete
  68. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Romantisme merupakan suatu keadaan yang begitu banyak maknanya sesuai dengan pemakainaya. romantisme itu sayangterhadap sesuatu. dalam kehidupan ini ada romantisme didalamnya suatu keadaan yang seimbang, kadang sedih kadang senang, kadang baik dang kadang buruk. Setiap kehidupan yang kita jalani itu membentuk sesuatu yang romantis sesuatu yang cantik kalau kita sadari. karena semuanya itu ada hubungan nya dan ada kaitannya satu keadaan dengan keadaan yang lainnya.

    ReplyDelete
  69. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Romantis itu bukan semata-mata tentang cinta. Tetapi romantis itu merentang antara bertengkar dengan cinta, perang dengan damai. Maka sepasang suami istri itu romantis bukan karena mereka selalu berdamai, tidak pernah bertengkar. Tetapi karena dengan cinta merekalah mereka mampu meredam pertengkaran. Maka dunia ini romantis bukan karena di dunia ini tidak ada perang, tetapi karena perang itu dapat di redam dengan kedamaian.

    ReplyDelete
  70. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat

    Romantis itu relatif, tergantung persepsi masing-masing orang. kebanyakan anak-anak muda (bahkan ada juga orang tua) bahwa romantis itu antara dua pasang kekasih, yang pria memberikan bunga, mengajak makan malam di tempat yang spesial, memberikan hadiah dan sebagainya. padahal romantisme itu sangat luas. misalnya seorang suami, pulang kerumah setelah bekerja dan kelelahan, ingin disiapkan makanan oleh istrinya. tapi dia melihat istrinya terlelap karena kelelahan juga seharian mengurus rumah dan anak-anak. hak suami adalah membangunkan istrinya dan minta disiapkan makanan. tapi jika suaminya itu memilih untuk tidak membangunkan istrinya dan menyiapkan sendiri makanannya, maka itu lebih romantis dibanding memberi setangkai mawar. orang lain akan menganggap itu bukan romantis, tapi pengertian. namun kembali lagi ke persepsi masing-masing yang berbeda-beda.

    ReplyDelete
  71. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Romantisme adalah kata yang berhubungan dengan cinta dan kasih sayang. Sedangkan cinta dan kasih sayang itu banyak sekali macamnya. Maka dari itu banyak sekali jenis dari cinta dan kasih sayang. Dalam hidup ini banyak sekali romantisme, mencakup semua yang ada dan mungkin ada. Romantisme itu ada yang baik dan juga ada yang tidak baik, maka dari itu romantisme yang baik adalah yang sesuai dengan aturan. Untuk itu kita membutuhkan ilmu untuk menjalani romantisme yang baik.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  72. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    dari tulisan ini hal yang dapat saya pelajari adalah bahwa rasa cinta harus dijaga jangan sampai terlalu berlebihan hingga menguasai dan juga jangan terlalu minus hingga menjadi benci. cintailah sesuatu/seseorang secukupnya saja, jangan sampai melebihi kecintaan kita kepada Allah SWT. sebenar-benarnya cinta yang hakiki hanyalah milik Allah, apa yang kita punyai di dunia ini semata-mata titipannya sehingga rasa cinta sepantasanya hanya ditujukan kepada-Nya.

    ReplyDelete
  73. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Romantis lebih dikenal masyarakat dengan hubungan percintaan seseorang. Perlakuan istimewa terhadap orang yang dicintai juga merupakan hal yang romantis. Definisi romantis dari suatu hubungan bagi tiap orang berbeda-beda. Menurut saya, romantis adalah setiap hal yang dilakukan pasangan masing-masing yang dilandasi dengan rasa cinta yang sungguh-sungguh merupakan suatu tindakan romantis.Segala sesuatu hal yang ada di bumi ini memiliki sifat romantis, karena pada dasarnya romantis itu adalah repleksi dari rasa cinta dan sayang. Orang yang sifatnya halus dan penuh rasa kasih sayang biasanya akan disebut dengan orang yang romantis.

    ReplyDelete
  74. M. Zainudin
    16701261019
    PEP
    Sayang itu lebih berarti daripada cinta

    ReplyDelete
  75. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Sebagai manusia semua pasti mengetahui kata romantisme. Semua hal dalam romantisme berkaitan dengan cinta, sayang, kuasa, kenyataan, memiliki, menemukan dan lain-lain. Sehingga romantisme selalu ada dalam kehidupan kita. Cinta berat dua sejoli merupakan romantis yang saling memberi cinta, memberi sayang, kuasa dan berat. Sedangkan romantisme adalah merentang diantara perang benci dan damai, antara bertengkar dengan cinta berat. Maka dunia itu romantisme. Romantisme sendiri harus berada dalam porsi yang benar, tidak terlalu sedikit dan juga tidak terlalu berlebihan. Karena segala hal yang berlebihan pasti tidak baik. Maka dari itu kita harus mampu menempatkan rasa romantisme dengan baik, menempatkan cinta dan sayang sesuai porsinya agar dalam merasakan manfaatnya juga dalam porsi yang baik pula.

    ReplyDelete
  76. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  77. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dijelaskan pada artikel diatas bahwa rasa memiliki plus adalah sayang dan rasa memiliki minus adalah benci.
    Jadi sayang itu merentang antara benci dan sayang. Apabila kamu ingin memenuhi keperluan sayangmu tapi kamu tidak bisa untuk memiliki maka rasa sayang yang kamu miliki akan berubah menjadi rasa benci. Jadi dapat dikatakan bahwa rasa sayang itu belum tentu baik apabila rasa sayang itu mengandung unsur kuasa. Menyayangi plus kuasa bisa berubah menjadi rasa ingin menguasai. Sedangkan untuk cinta plus kuasa adalah romantis dan romantis tanpa cinta adalah kejam. Jadi romantis itu merentang antara benci dan cinta. Bertengkar adalah sesuatu yang romantis apabila saling berebut cinta atau sering disebut cemburu. Maka hidup merupakan suatu keromantisan dan dunia ini merupakan romantisme.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  78. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Dari artikel di atas saya dapat belajar bahwa romantisme merupakan titik keseimbangan, sebagaimana yang terjadi di kehidupan ini. Terkadang kita berperang, bertengkar, dan bermusuhan, yang mana hal itu sebenarnya hanyalah persoalan berebut cinta maupun kasih sayang. Berusaha menunjukkan eksistensi diri dan mendapat pengakuan sebagai yang terhebat. Dengan adanya romantisme, itu adalah suatu hal yang merentang antara cinta dan benci, antara perag dan damai.

    ReplyDelete
  79. Febriana Putri Hutami
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241007
    Romantisme itu satu kata berjuta makna. Cakupan romantisme itu sangat luas. Romantime dapat melibatkan sayang, cinta, sampai benci. Karena romantisme itu merentang antara cinta dan benci. Romantisme melibatkan kesenangan hingga kesedihan. Romantime yang baik adalah romantisme yang menyebabkan kebutuhan terpenuhi. Romantisme cinta dapat mempererat dua pihak yang memiliki cinta. Namun, sebaik-baiknya cinta adalah cinta kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  80. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    Pendidikan Matematika A 2015/S1
    15301241046
    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Cintai sesuatu janganlah melebihi cinta kepada Tuhan. Karena Tuhan Yang Maha Pengasihlah yang memberikan segalanya untuk kita- dunia, kebahagiaan, kesedihan, kekayaan, kasih sayang. Cinta terhadap makhluk Tuhan yang berlebihan dapat menimbulkan kebencian yang luar biasa sekali makhluk yang dicinta berbuat yang menyebabkan kecewa. Sehingga, cintai lah makhluk Tuhan sekadarnya saja ^^

    ReplyDelete
  81. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  82. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dari artikel Prof. Marsigit, saya dapat belajar bahwa cinta dan sayang janganlah berlebihan. Sewajarnya saja. Cinta dan sayang adalah hal yang sangat manusiawi yang biasa dialami oleh setiap insan manusia. Rasa sayang dan cinta yang berlebihan dapat berubah menjadi benci. Romantisme biasanya terkait dengan cinta dan sayang. Romantisme, merentang dari cinta berat sampai bertengkar. Bertengkar merupakan bumbu tersendiri dalam suatu romantisme. Bertengkar dapat menguji seberapa besar rasa sayang dan cinta yang kita miliki. Bertengkar, bisa menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih dewasa dalam memahami seperti apa itu romantisme.

    ReplyDelete
  83. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    “Romantis tanpa cinta itu kejam” adalah kalimat yang menurut saya sangat tepat. Orang-orang yang memberi harapan di saat dia tidak cinta itu kejam. Dalam hidup, kita tidak tidak diperkenankan mempermainkan perasaan orang apalagi hingga menyakitinya. Dunia itu romantisme, antara kekejaman dan kecintaan itu romantisme yang kadarnya dapat ditentukan tergantung seberapa sayayangnya kita terhadap sesuatu.

    ReplyDelete
  84. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Romantisme memiliki berbagai makna. Romantisme itu penting dalam hidup. Dalam kehidupan ini harus ditumbuhkan rasa romantisme. Wujud dari romantisme adalah sayang , cinta , menyayangi, damai dan perhatian. Rasa sayang dan cinta dalm romantisme jangan berlenihan karrena sesuatu yang berlebihan itu nantinya akan menimbulkan kebencian diantara keduanya. Romantisme harus seimbang antara sayang, cinta dan juga perhatian agar diantara rasa rasa itu akan menimbulkan romantisme yang seimbang dan cukup.

    ReplyDelete
  85. Puspitarani
    15301244008
    S1 Pendidikan Matematika
    Terima kasih Bapak atas artikel yang Bapak share kepada kami. Romantis sering saya dengar dalam kehidupan. romantis erat kaitannya dengan suatu hubungan, cinta, kasih sayang. Sebenar benar hidup itu merentang antara perang dan damai ; antara bertengkar dan cinta berat. Maka sebenar benar hidup itu romantis. Dunia ini adalah romantisme. Maka ramantisme itu adalah dunia. romantisme itu penting dalam hidup. romantisme kadang memberikan kebahagiaan tetapi tidak jarang juga bisa menimbulkan kesedihan. misalnya saat kita jatuh cinta dengan seseorang, kita akan bahagia jika orang yang kita cinta itu juga cinta dengan kita, namun kita akan menjadi sedih ketika orang itu tidak mencintai kita juga. maka benar saja apa yang Bapak sampaikan bahwa Sebenar benar hidup itu merentang antara perang dan damai ; antara bertengkar dan cinta berat. Maka sebenar benar hidup itu romantis. Dunia ini adalah romantisme. Maka ramantisme itu adalah dunia.ketika kita berharap pada manusia kebanyakan kita akan memperoleh suatu kekecewaan, namun bila kita berharap kepada Allah maka tidak akan ada kekecewaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puspitarani
      15301244008
      S1 Pendidikan Matematika
      Terima kasih Bapak atas artikel yang Bapak share kepada kami. Romantis sering saya dengar dalam kehidupan. romantis erat kaitannya dengan suatu hubungan, cinta, kasih sayang. Sebenar benar hidup itu merentang antara perang dan damai ; antara bertengkar dan cinta berat. Maka sebenar benar hidup itu romantis. Dunia ini adalah romantisme. Maka ramantisme itu adalah dunia. romantisme itu penting dalam hidup. romantisme kadang memberikan kebahagiaan tetapi tidak jarang juga bisa menimbulkan kesedihan. misalnya saat kita jatuh cinta dengan seseorang, kita akan bahagia jika orang yang kita cinta itu juga cinta dengan kita, namun kita akan menjadi sedih ketika orang itu tidak mencintai kita juga. maka benar saja apa yang Bapak sampaikan bahwa Sebenar benar hidup itu merentang antara perang dan damai ; antara bertengkar dan cinta berat. Maka sebenar benar hidup itu romantis. Dunia ini adalah romantisme. Maka ramantisme itu adalah dunia.ketika kita berharap pada manusia kebanyakan kita akan memperoleh suatu kekecewaan, namun bila kita berharap kepada Allah maka tidak akan ada kekecewaan. Berharap dan memintalah hanya kepada Allah, jangan kepada yang lain.

      Delete
    2. Puspitarani
      15301244008
      S1 Pendidikan Matematika
      Terima kasih Bapak atas artikel yang Bapak share kepada kami. Romantis sering saya dengar dalam kehidupan. romantis erat kaitannya dengan suatu hubungan, cinta, kasih sayang. Sebenar benar hidup itu merentang antara perang dan damai ; antara bertengkar dan cinta berat. Maka sebenar benar hidup itu romantis. Dunia ini adalah romantisme. Maka ramantisme itu adalah dunia. romantisme itu penting dalam hidup. romantisme kadang memberikan kebahagiaan tetapi tidak jarang juga bisa menimbulkan kesedihan. misalnya saat kita jatuh cinta dengan seseorang, kita akan bahagia jika orang yang kita cinta itu juga cinta dengan kita, namun kita akan menjadi sedih ketika orang itu tidak mencintai kita juga. maka benar saja apa yang Bapak sampaikan bahwa Sebenar benar hidup itu merentang antara perang dan damai ; antara bertengkar dan cinta berat. Maka sebenar benar hidup itu romantis. Dunia ini adalah romantisme. Maka ramantisme itu adalah dunia.ketika kita berharap pada manusia kebanyakan kita akan memperoleh suatu kekecewaan, namun bila kita berharap kepada Allah maka tidak akan ada kekecewaan. Berharap dan memintalah hanya kepada Allah, jangan kepada yang lain.

      Delete
  86. Julialita Muhariani
    15301241004
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Romantisme itu adalah dunia dan dunia ini adalah romantisme. Dalam hidup ini seringkali terjadi suatu pertengkaran perlu adanya keseimbangan antara sayang dan benci, tidak boleh berlebihan. Mencintai sesuatu/seseorang secara berlebihan itu kurang baik, apalagi sampai melebihi rasa cinta kita kepada Allah swt, karena cinta yang berlebihan kepada selain Allah dapat berujung pada kebencian akibat kekecewaan kita. Lantas bukan berarti kita tidak perlu mencintai kepada yang selain Allah. Dalam menjalani hidup ini perlu diiringi dengan rasa cinta, karena dengan cinta dapat menumbuhkan semangat, menciptakan ketentraman/kedamaian. Yang perlu kita ingat adalah: karena kuasa (cinta) Allah lah kita bisa hidup dengan sehat tanpa kurang suatu apapun hingga saat ini.

    ReplyDelete
  87. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Romantisme itu merupakan dunia, misalnya antara bertengkar dan cinta, perang dan damai. Dalam perjalanan hidup pastilah kita pernah menemui antara bertengkar dan cinta maupun perang dan damai. Perang disini berarti sedang bermusuhan dan tidak bersahabat/berteman/sayang/dan sebagainya. Sebaik-baiknya kita dalam mengatur romantisme dalam dunia ini, harus lah tidak berlebihan dan tidak kekurangan , dengan kata lain harus seimbang. Dibarengin dengan doa dan ikhtiar, dan mengikuti aturan-aturan yang telah ada.

    ReplyDelete
  88. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    Segala hal dalam hidup itu romantis. Dari tulisan tersebut dikatakan bahwa romantis tidak hanya pada hal-hal yang menurut kita baik seperti cinta, sayang, perdamaian, dsb. Namun bertengkar dan perang juga romantis. Sebenar benarnya romantis adalah perasaan yang tidak berlebihan seperti cinta yang berlebihan dan sayang yang berlebihan, karena yang paling utama adalah kita mencintai Allah SWT dan Rasulnya.

    ReplyDelete
  89. Alvi Khoirunnisak
    1531241012
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Romantisme, bukan lagi sebuah perasaan karena cinta, atau sayang. Tapi karena kita menyadari bahwa setiap yang ada di Dunia adalah ciptaan dari Yang Maha Romantis. Maka, apa yang tidak romantis di dunia ini?
    Bahkan benci dan perang, adalah romantisme yang berbeda karena saling berebut cinta.

    ReplyDelete
  90. Rina Musannadah
    15301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Romantisme memiliki makna yang sangat luas. Dalam kesimpulan tulisan ini disebutkan bahwa romantisme adalah dunia. Sebenar-benar hidup itu romantis, merentang antara perang dan damai, antara bertengkar dan cinta berat. Dari sini saya dapat menyimpulkan bahwa romantis itu adalah keadilan, keseimbangan. Adil dalam menentukan di mana meletakkan sayang yang merentang antara benci sampai sayang. Menyeimbangkan agar rasa memiliki tidak berubah menjadi benci.

    ReplyDelete
  91. Raudhah Nur Pratiwi (15301244009)
    S1- Pend. Matematika A 2015

    Bismillah,
    Terimakasih atas postingannya Prof. Setelah membacanya, pemikiran saya tentang romantisme jadi meluas. Ternyata romantis itu tak melulu soal kasih sayang. Romantis itu merentang antara benci dan cinta, juga merentang antara benci dan sayang. Romantis itu cinta plus minus kuasa. Nah disinilah kadar kuasa berpengaruh, menentukan apakah cinta dapat berubah menjadi benci atau tidak.

    ReplyDelete
  92. Siti Efiana
    15301241029
    S1- Pend.Mat I 2015

    Terima kasih atas artikelnya, Prof. Artikel ini membuat saya mengetahui arti romantisme dari berbagai sudut pandang. Saya tertarik dengan kalimat “Jika kamu ingin memenuhi keperluanmu tetapi tidak kuasa memiliki maka sayangmu dapat berubah jadi bencimu.” Hal ini sering terjadi dalam kehidupan, di mana saat kita terlalu menyayangi seseorang, maka suatu saat bisa jadi kita juga bisa sangat membencinya. Oleh karena itu, kita tidak boleh berlebihan dalam hal apapun. Selain itu, kita juga harus menyadari bahwa Allah itu Maha membolak-balikkan hati, sehingga rasanya tak pantas jika kita terlalu berharap pada seorang manusia, apalagi untuk hal-hal yang belum pasti. Meskipun sulit, sebisa mungkin gantungkan harapan hanya pada Allah.

    ReplyDelete
  93. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1-Pendidikan Matematika A 2015

    Ketika mendengar kata romantisme terkadang hanya terbayang hal-hal yang romantis yang baik baik saja. Tetapi ternyata romantis itu merentang antara benci dan cinta. Sebenar-benar hidup adalah romantis. Dunia ini adalah romantisme. Maka romantisme itu adalah dunia. Sebenar-benarnya hidup adalah merentang antara perang dan damai. Milikilah keseimbangan di dunia ini, cintailah seseorang atau sesuatu secara sewajarnya sehingga tidak akan menimbulkan kebencinya yang berlebih ketika apa yang diharapkan tidak tercapai. Tetapi tetaplah berpengharapan penuh kepada Sang Pencipta.

    ReplyDelete
  94. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Berdasarkan artikel tersebut saya jadi mengerti ternyata romantisme tidak hanya dalam hal cinta ataupun kasih sayang. Romantisme itu maknanya luas. Romantis merentang antara perang dan damai, benci dan sayang. Saya bisa mengambil pelajaran dari artikel Prof tersebut bahwasannya jangan terlalu berlebihan dalam hal apapun termasuk dalam mencintai ataupun menyayangi seseorang.

    ReplyDelete
  95. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan matematika I 2015

    Terimakasih atas ilmu yang telah Prof bagikan. Setelah membaca artikel ini saya mengerti bahwa romantisme memiliki banyak arti. Apapun itu, romantisme merupakan bagian dari cinta dan kasih sayang karena romantisme timbul karena ada keduanya.
    Hendaknya kita mencintai seseorang sewajarya dan tak melebihi cinta kita kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  96. Lisfiyati Mukarromah
    15301241042
    Pendidikan Matematika A 2015
    Program S1
    Terimakasih prof sudah membuka wawasan saya mengenai romantisme. Melalui tulisan di atas, saya jadi memahami bahwa romantisme tidak hanya sebatas dengan cinta. Romantisme membentang antara benci dan cinta. Romantisme juga membentang antara benci dan sayang. Romantis juga membentang antara perang dan damai. Jadi sebenar-benar hidup adalah romantis. Bahkan benci, bertengkar dan perang bisa menjadi romantis karena berebut cinta.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  97. Farisa Yunilasari
    15301241025
    S1-Pendidikan Matematika A 2015

    Dunia ini adalah romantisme. Maka ramantisme itu adalah dunia. Berdasarkan kalimat tersebut, Romantis mencakup segala yang ada dalam hidup. Romantis itu bukan semata-mata tentang cinta. Tetapi romantis itu merentang antara bertengkar dengan cinta, perang dengan damai.

    ReplyDelete
  98. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dari artikel ini saya memahami bahwa romantisme terdapat plus dan minusnya. Romantisme erat dikaitkan dengan hubungan percintaan dua sejoli. Romantisme sering sekali lebih dikenal dengan romantis. Romantis ada plusnya yaitu sayang, dan minusnya yaitu benci. Jadi romantisme atau romantis terbentang dari sayang dan benci, dan hidup merentang antara perang dan damai. Sehingga setiap kejadian didunia ini merupakan romantisme. Bertengkar, perang, perdamaian, cinta merupakan saling memberi, saling menerima, dan saling merebut plus dan minusnya. Keempatnya merupakan contoh pula dari romantisme. Saling memberi, saling menerima dan saling merebut harus dengan porsi yang benar dan berlebihan. Dalam islam pun diajarkan untuk tidak berlebih-lebihan.

    ReplyDelete
  99. Isykarima Nur S
    15301241032
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Romantisme sangat identik dengan hubungan percintaan, tapi sejatinya romantisme tidak sesederhana itu. Romantisme sangat luas artinya tidak hanya melulu soal percintaan. Setiap kejadian di dunia ini adalah romantisme. Bertengkar, perang, perdamaian, cinta merupakan saling memberi, saling menerima, dan saling merebut plus dan minusnya. Itu adalah arti luas dari romantisme.
    Dan saya baru mengetahuinya setelah membaca artikel Bapak.

    ReplyDelete
  100. Rina Anggraeni
    15301241043
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Terima kasih Bapak karena dari bacaan di atas saya jadi mengetahui bahwa romantisme itu bukan hanya tentang hubungan cinta ataupun kasih sayang antara dua manusia. Selama ini yang saya paham tentang romantisme ya hanya tentang cinta antara dua manusia yang saling berhubungan. “Sebenar benar hidup itu merentang antara perang dan damai ; antara bertengkar dan cinta berat. Maka sebenar benar hidup itu romantis. Dunia ini adalah romantisme. Maka romantisme itu adalah dunia.”, dari kalimat tersebut saya jadi mengetahui bahwa dunia ini adalah romantisme dan romantisme adalah dunia ini. Jadi, dapat saya simpulkan bahwa romantisme itu segala hal yang ada di dunia ini bukan hanya tentang perasaan cinta antara dua manusia.

    ReplyDelete
  101. Amayda Ade Pramesti
    15301244012
    S1 Pend.Mat A 2015

    terimakasih Prof atas postingan yang sangat menarik. disini saya menjadi lebih mengerti bahwa arti dari romantisme itu luas dan memiliki banyak arti. saya juga menyadari bahwa romantisme bukan hanya dalam hala percintaan tapi juga dalam perdamaian

    ReplyDelete
  102. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Selama ini, romantisme lebih sering disebut dalam konteks kasih sayang saja. Jadi romantisme yang saya kenal hanya berkonotasi positif saja. Sayang itu romantis, sedangkan benci itu tidak romantis. Akan tetapi, daru artikel Bapak saya menjadi tahu bahwa romatisme yang sesungguhnya adalah segala hal yang ada di dunia ini. Romantisme merentang antara perang dan damai, benci dan cinta. Romantisme adalah dunia, dunia adalah romantisme. Dunia yang diciptakan oleh Tuhan dengan berbagai hal di dalamnya ada wujud dari keromantisan Tuhan untuk manusia.

    ReplyDelete
  103. Nurrina Rhomadita
    15301241026
    Pendidikan Matematika I 2015

    setelah dipahami isi dari cerita ini, dalam cerita ini dapat diambil pelajaran bahwa terdapat hubungan antara cinta, sayang, benci, dan kuasa. keempat hal tersebut saling berkaitan dan membentuk suatu romantisme di dunia ini. maka, seluruh isi dunia ini yang mengandung cinta, sayang, benci, dan kuasa merupakan suatu romantisme dunia, jika tidak ada unsur itu semua, maka hanyalah nafsu belaka.

    ReplyDelete
  104. Zudhy Nur Alfian
    15301241035
    S1 Pend Matematika 2015

    Romantisme tidak jauh-jauh dari kata Cinta, Sayang,Kuasa dan Benci. Bagaimana paduan dari kata-kata tersebut menghasilkan kata lain. Selain berpaduan, bagaimana hubungan antar kata tersebut. Cinta bukan berasal dari sesuatu yang menguasai. Inti dari mencintai adalah sayang, bukan saling menguasai. Ketika tidak cinta, bukan berarti itu adalah benci. Bisa jadi ada hal lain yang menyebabkan tidak cinta. Sejauh ini, romantismen terjadi ketika adanya pergantian antara cinta, sayang dan benci.

    ReplyDelete
  105. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Selama ini persepsi yang beredar di masyarakat mengenai romantisme hanya berkisar pada romantisme positif, seperti kasih sayang dan cinta. Padahal seluruh aspek dalam dunia ini merentang antara benci dan cinta, antara romantisme positif dan negatif. Oleh karena itu, sebenar-benarnya dunia adalah romantisme, dan romantisme adalah dunia. Dimana seluruh aspek dalam kehidupan ini merupakan romantisme yang diciptakan Allah SWT untuk manusia.

    ReplyDelete
  106. Intan Heryani Putri
    15301241011
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Romantisme tidak jauh dari bahasan cinta dan sayang. Cinta adalah intuisi, sayang adalah intuisi. Romantisme adalah sebuah hal yang pasti dalam hidup. Benar bahwa hidup adalah romantisme. Perjalanan hidup seorang manusia merupakan skenario ter-romantis yang telah digariskan Tuhan-Nya. Penuh liku-liku tidak hanya tentang suka dan kesenangan, namun juga duka dan rasa pahit. Tapi semuanya merupakan sebuah keromantisan. Pengalaman hidup, cerita hidup yang romantis, yang telah ditakdirkan oleh Sang Maha Romantis.

    ReplyDelete
  107. Dini Arrum Putri
    18709251003
    P Math A 2018

    Menurut saya kalau bicara tentang cinta yang pasti tidak pernah ada ujungnya, terasa begiti complicated. Yang pasti orang hidup di dunia tidak bisa sendiri, mereka membutuhkan teman atau pasangan hidup. Dari situlah kita belajar bagaimana cara menghargai satu sama lain, saling memiliki, menyayanyi bahkan mencintai. Cinta tidak ada akan pernah ada batasnya, seberapa kita mencintai sesuatu makan semakin besar pula kita mendapatkan cinta

    ReplyDelete
  108. Romantisme ternyata tidak sesepele yang dipikirkan kebanyakan orang. Romatisme itu dapat menjadi berat atau ringan tergantung bagaimana kita memperlakukannya dan tujuan kita menggunakannya. Sudah ada ukuran masing-masing dalam beromantisme. Jika romantisme itu saling memberi sayang,cinta dan kuasa maka romatisme menjadi ringan dimaknai dan dijalani. Ringan karena tiap-tiap isi dunia mengupayakan untuk berbagi cinta, sayang dan kuasa. Saling memberi berarti juga saling menerima maka pasti terasa ringan. Namun jika romantisme itu saling diperebutkan dan tidak saling mengisi maka romantisme menjadi berat.

    ReplyDelete
  109. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Maka saya berusaha untuk seimbang dan pertengahan. Itulah hakikat romantisme. Romantisme sudah terstigma berkaitan dengan kasih sayang padahal berlaku selain berkasih sayang juga bisa disifatkan romantisme dengan sudut pandang yang lebih mendalam. Tidak terlalu kekiri dan tidak juga terlalu kekanan. Karena yang namanya berlebihan itu tidak baik apalagi kepada manusia. Hanya satu hal yang boleh kita berlebihan yaitu berkaitan dengan Allah SWT karena kita berlomba-lomba dalam kebaikan, ibadah, menuntut ilmu dll.

    ReplyDelete
  110. Agnes Teresa Panjaitan
    s2 pendidikan matematika A 2018
    18709251013

    Membaca tulisan diatas mungkin akan berdampak senyum senyum bagi pembaca, termasuk saya. Kalau dirunut kembali, cinta akan berdampak akan banyak hal. Akan menyangkut yang namanya sayang namun bisa pula diikuti oleh benci. Cinta juga dibumbui oleh kuasa yang mampu meluluhkan sifat seseorang. Dan hal yang tidak kalah mewarnai kata romantisme adalah pertengkaran, namun ketika cinta jauh lebih kuat. maka yang ada adalah perdamaian.

    ReplyDelete
  111. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Setelah mencermati tulisan mengenai romantisme ini ternyata romantisme tidaklah seperti yang saya pikirkan selama ini yaitu sebatasa rasa kasih sayang dan cinta. Ternyata terdapat rentangnya masing-masing seperti sayang itu merentang antata benci dan sayang, cinta itu merentang antara benci sampai cinta dan juga hidup itu merentang antara perang dan damai. Karena itu lah dunia disebut romantisme.

    ReplyDelete
  112. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dunia ini memang romantis, mampu menghadirkan cinta, sayang, kuasa, dan benci. Romantisme yang dihadirkan dalam postingan ini cukup berat, tidak seringan romantisme pada umumnya yang hanya menghadirkan cinta dan sayang tanpa adanya kontradiksi. Berbeda dengan rasa cinta kepada Yang Maha Kuasa, cinta kepada sesama selalu menghadirkan plus minus sayang plus minus kuasa dalam sebuah interval. Namun tetap bersyukurlah, karena Allah telah memberikan nikmat romantisme di dunia ini.

    ReplyDelete
  113. Seftika Anggraini
    18709251016
    PPs Pend. Matenatika A 2018

    Berdasarkan pernyataan "Romantis juga merentang antara benci dan sayang. Maka sebenar benar romantis adalah cinta plus minus sayang plus minus kuasa." Romantis harus di kotrol supaya tidak cenderung ke benci karena romantis merentang antara benci dan sayang.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  114. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018

    Romantisme mengajarkan kita untuk menyeimbangkan hidup, karena hidupkita diisi dengan cinta, sayang, kuasa, memiliki, benci, dan lain-lain. Jika tanpa menyeimbangkannya, mungkin akan ada peperangan dan pertengkaran dalam hubungan. Untuk itu, kita tidak perlu menjadi sempurna, tetapi menutupi kekurangan dengan kelebihan agar menjadi sempurna.

    ReplyDelete
  115. Bayuk Nusantara KR.J.T
    18701261006
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP)

    Saya setuju bahwa sebenar benar hidup merentang antara perang dan damai. Saya mengartikan bahwa kita akan benar benar hidup jika kita berada pada rentang perang dan damai atau bisa dikatakan positif dan negatif. Kita memerlukan positif supaya mengerti apa itu negatif dan juga sebaliknya. Kita tidak akan pernah benar-bear mengerti hidup jika kita tidak mengalami hal positif maupun hal negatif.

    ReplyDelete
  116. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Romantisme dapat terjadi antara dua kutub, sayang dan benci, perang dan damai, baik itu positif dan negatif. Segala sesuatu dalam hidup harus di tempatkan dalam posisi yg seimbang, di tengah-tengah. Hal yang paling sederhana dari romantis adalah tidak berlebihan dalam berbagai hal, secukupnya.

    ReplyDelete
  117. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Romantisme dapat terjadi antara dua kutub, sayang dan benci, perang dan damai, baik itu positif dan negatif. Segala sesuatu dalam hidup harus di tempatkan dalam posisi yg seimbang, di tengah-tengah. Hal yang paling sederhana dari romantis adalah tidak berlebihan dalam berbagai hal, secukupnya.

    ReplyDelete
  118. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Segala hal di dunia ini memang mengandung unsur positif maupun negatif, seperti romantisme yang diuraikan dalam tulisan di atas. Sesuatu yang kita pandang positif bisa berubah menjadi negatif jika kadarnya berubah, begitu pula sebaliknya.

    ReplyDelete
  119. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    PPS Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Segala sesuatu di dunia ini memliki sisi positif dan negatif. Cinta, sayang, dan romantis terdengar manis, namun setelah memahami penjelasan tadi saya paham bahwa ketiganya juga punya sisi negatif menjadi benci, perang, dan berkuasa. Oleh karena itu, sebagai manusia kita harus tahu bagaimana memposisikan diri, bertindak sesuai porsinya dan tidak mendahului ego kita.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  120. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  121. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018

    Assalamu'alaikum Wr. Wb
    Terimakasih banyak Prof. atas tulisannya. Dalam hidup ini segala sesuatunya telah diatur dengan kapasitas yang seadil mungkin, ada benar dan salah, ada hidup dan mati, ada perang dan damai, ada cinta dan benci, ada positif ada negatif, dll. Mau memilih disisi yang mana adalah keputusan kita sendiri. Akan tetapi hal-hal tersebut dapat berubah apabila dibubuhi dengan kata "berlebihan", karena segala sesuatu yang berlebihan akan mengakibatkan kebalikannya.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    ReplyDelete
  122. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Ketika menyayangi dan mencintai sesuatu hal hendaknya harus berhati-hati, janganlah berlebihan dikhawatirkan akan menimbulkan rasa benci dan terlalu menguasai atau overprotective apabila rasa sayang dan cinta itu semakin menurun atau tidak terpenuhi atau tidak ada tanggapan dari objek lawan. Berperilaku dan terbawa perasaaan sewajarnya saja. Lebih indah apabila menjaga perdamaian, damai dengan diri kita sendiri dengan menurunkan ego, damai dengan pihak diluar diri kita dengan menghargai mereka sehingga tidak ada rasa atau perlakuan yang terlalu berlebihan atau menguasai. Perdamaian membawa kita pada romantisme. Romantisme mengedepankan perasaan yang berhubungan dengan keindahan. Perlu menjadia catatan bahwa romantisme bukan soal percintaan saja.

    ReplyDelete
  123. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Terimakasih banyak Bapak Prof. Marsigit atas ilmunya. Romantisme sangat diperlukan di dalam satu hubungan, karena romantisme dapat menguatkan ikatan. Romantisme adalah cinta plus minus, sayang plus minus, kuasa. Perdamaian adalah romantisme saling memberi cinta plus minus, saling memberi kuasa. Perang adalah romantisme berebut cinta, sayang. Hidup itu merentang antara perang dan perdamaian, antara bertengkar dan cinta berat. Dalam cinta tidak ada perjanjian melainkan keikhlasan. Cinta penuh maaf dan rela berkorban demi yang tercinta bahagia. Mencintai karena ingin balasan, bukan cinta namanya, melainkan pamrih. Dalam cinta tidak ada pamrih melainkan ketulusan. Cinta penuh keindahan meskipun hanya dalam khayalan.

    ReplyDelete
  124. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika 2018 A
    Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh
    Dialog dengan tema “Romantisme” ternyata memiliki makna yang sebelumnya tidak pernah saya bayangkan. Selama ini romantisme yang saya ketahui sebatas karya sastra yang berhubungan dengan perasaan. Perasaan yang hanya menggambarkan sayang, senang, bahagia dan berhubungan dengan rasa cinta manusia. Namun dalam dialog ini romantisme memiliki plus minus yang memberikan makna positif dan negatif dalam fantasi kehidupan. Saya tertarik dengan kalimat terakhir “ Dunia ini adalah romantisme. Maka romantisme ini adalah dunia”. Saya menangkap bahwa dalam menjalani hidup didunia yang penuh dengan romantisme ini harus diikuti romantisme yang positive dan pantang mengeluh karena dunia ini hanya sementara dan akan kembali ketempat yang abadi.

    ReplyDelete
  125. Samsul Arifin
    18701261007
    S3 PEP 2018

    Sebenar-benarnya hidup adalah romantis..sangat setuju
    Romantis mengandung makna mengerti keadaan, saling memahami.. ...Romantis adalah rentang sayang dan benci, perang dan damai..romantis berada diantara perbedaan itu.
    Romantis adalah bentuk kompromi dari plus dan minus.

    ReplyDelete
  126. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Romantisme merupakan sesuatu yang erat kaitannya dengan perasaan. Perasaan sayang ataupun cinta yang terlalu berlebihan dan tidak sesuai harapan dari si pemilik perasaan tersebut seringkali berubah menjadi benci. Cinta dan benci bagai dua sisi mata uang, jika tidak benci maka cinta, jika tidak cinta maka benci. Namun dua hal tersebut bergantung dari bagaimana cara kita mengolah harapan kita akan cinta ataupun sayang kepada si empunya perasaan.

    ReplyDelete
  127. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    hahaha bapak bisa aja ya, mengotak-atik perhitungan romantisme. yang tadi saya perhatikan penjumlahannya bervariabel yang berbeda. nah jika dengan vatiabel yang sama bisa atau enggak ya. cinta + cinta? sayang + sayang? kuasa + kuasa? kira-kira hasilnya apa ya.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    ReplyDelete
  128. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Adanya keseimbangan tentunya karena adanya plus minus. Bayangkan jika hanya ada plus saja atau minus saja. Romantisme mengajarkan kepada kita bahwa hidup harus seimbang. Seimbang disini terjadi karena adanya plus dan minus. Jika kita artikan plus sebagai kelebihan dan minus sebagai kekurangan, pastinya plus minus akan saling melengkapi satu sama lain. Kelebihan bisa menutupi kekurangan, begitupun kekurangan akan dibantu oleh yang punya kelebihan tentang bagaimana menutupi kekurangannya. Sungguh romantis bukan? saling melengkapi satu sama lainnya agar terjadi keseimbangan.

    ReplyDelete
  129. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B

    Romantisme merupakan keseimbangan dari sayang, cinta, kuasa, dan benci. Sayang, cinta, kuasa, dan benci yang berlebihan akan membuat kita buta akan suatu hal yang baik, karena pada hakekatnya pun sesuatu yang berlebihan tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik. Maka dari itu kita hidup di dunia ini perlu adanya keseimbangan. Dengan menjalani kehidupan yang seimbang kita bisa memahami orang tanpa memaksakan kehendak sendiri.

    ReplyDelete
  130. Besse Rahmi Alimin
    (18709251039)
    S2 PM.B 2018

    Romantisme ?
    Membaca kata ini, saya jadi keinget sama Ayah dan Ibu saya di kampung. Pasti, mereka jauh lebih paham makna dari kata tersebut meskipun belum tau,dari pada saya. Buktinya mereka mampu melahirkan saya dan membesarkan saya. Hehehe

    ReplyDelete
  131. hendra B.
    18701261008
    PEP S3 2018

    romantisme atau romantis merupakan sebuah intuisi.
    yang memicu terjadinya romantisme adalah kasih sayang dan cinta, cinta dan sayang adalah intuisi.
    jika romantisme adalah dunia dan dunia adalah romantisme, maka ingin saya sampaikan bahwa dunia ini hanyalah intuisi.

    ReplyDelete
  132. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Cinta, sayang, kuasa, benci dan romantisme merupakan sebuah penggambaran hidup ini yang saling terkait yang tidak hanya tergantung pada kualitas tapi juga quantitas pada rentangnya masing-masing. cinta merentang antara benci dan cinta, sayang merentang antara benci dan sayang, dan romantisme merentang antara benci dan cinta/sayang. Sayang – kuasa = benci, Sayang + kuasa = menguasai, Cinta + sayang = cinta, Cinta – sayang = benci, Cinta + kuasa = romantis, Cinta – kuasa = benci. Semua akan berubah menjadi benci ataupun rasa sayang dan cinta tergantung bagaimana kita mengatur kadar masing-masing. Adanya Romantisme maka adanya keseimbangan antara cinta, sayang dan kuasa.

    ReplyDelete
  133. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat siang, Prof.
    Dari tulisan diatas, saya mempelajari bahwa hidup ini adalah romantisme. Saya bisa romantis dengan laptop karena plus minus kuasa (romantisme satu arah, karena laptop tak berperasaan).
    Dalam memiliki sesuatu atau melakukan sesuatu, saya memberikan pemikiran dan merasakan memiliki atas hal yang saya miliki atau saya lakukan. Saya menyayangi apa yang saya miliki dan saya lakukan. Semua itu romantisme. Bahkan saya pun bisa membenci apa yang saya miliki dan saya lakukan, itupun romantisme.
    Terima kasih, Prof.
    Salam cendekiawan.

    ReplyDelete
  134. Ady Ferdian Noor
    Dikdas S3
    18706261004

    Assalamualaikum

    Romantis di dunia ini jarang terjadi, romantis sekarang ini sering didamba-dambakan setiap orang di dunia... salam kerinduan romantisme

    ReplyDelete
  135. 18701261002
    PPs S3 PEP

    Salam Hormat, Prof. Marsigit.
    Terima kasih atas penjelasannya. Dunia ini adalah romantisme. Maka romantisme itu adalah dunia. Tersirat dalam pikiran saya, ini seperti hukum komutatif dalam matematika. dibolak-balik menukar posisi yang menerangkan suatu kesejajaran. Romantis itu merentang antara benci dan cinta. Artinya, didalam romantisme terkandung benci dan cinta. di dunia ini terkandung benci dan cinta juga. konklusinya, baik dunia ini maupun romantisme adalah terkandung benci dan cinta. Dan hal-hal ini merupakan kenyataan yang ditemukan melalui pengalaman, pikiran, perasan, maupun penginderaan.

    ReplyDelete
  136. Aji Joko Budi Pramono
    PEP S3
    18701261003
    Perasaan sayang, benci, cinta itulah sebenarnya romantisme. perasaan cita sebenarnya adalah sayang, damai tidak saling menguasai dan saling menang, perasaan benci hanyalah akan menyiksa diri kita sendiri, maka bersikaplah yang bersahaja, sayang maka romantis akan mendatanginya

    ReplyDelete
  137. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Terima kasih sebelumnya pak, yang saya pahami dari artikel ini adalah mengenai maksud dari mengapa "Romantisme" dikatakan berada diantara rentang benci dan cinta dan diantara rentang benci dan sayang. Romantisme jika diperlemah akan berubah menjadi benci. Unsur nyata penguat Romantisme adalah "cinta dan sayang", sementara "kuasa" selain bisa menguatkan juga kemungkinan besar justru melemahkannya menjadi benci. Sehingga yang paling penting untuk dipupuk adalah unsur "cinta dan sayang" sedangkan unsur yang harus diseimbangkan/diposisikan dengan baik adalah unsur "kuasa". Romantisme yang kuat akan menghasilkan perdamaian, romantisme yang lemah atau benci yang kuat akan menghasilkan pertengkaran dan peperangan.

    ReplyDelete
  138. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Romantisme, tidak melulu kedamain, tapi juga terkadang ada peperangan. Kata kuncinya adalah komposisi. Jika memadukan suatu hal secara proporsional maka akan dapat mengasilkan sesuatu yang menyenangkan. Sayur tanpa garam itu gak lezat tapi kebanyakan garam juga tidak enak, sayur tanpa pemanis rasanya kurang tapi dengan kebanyakan pemanis rasanya berlebihan. Garam dan pemanis yang seimbang akan membuat sayur menjadi ideal.

    ReplyDelete
  139. Desi Nurwidawati
    18701261009
    S3 PEP 2018

    Romantisme sering identik dengan kebersamaan, kasih sayang dan kehangatan. Jika Romantisme dipersepsikan positif dalam kehidupan banyak menimbulkan efek positif yaitu kebersamaan dalam membangun keluarga, membangun masyarakat. Romantisme dalam persepsi negatif akan melahirkan korupsi, kolusi dan nepotisme, yang ujungnya kan menghancurkan bangsa merugikan negara, dan menjatuhkan martabat keluarga.

    ReplyDelete
  140. Ameliasari Tauresia Kesuma
    18701261015
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

    Romantisme itu berarti saling melengkapi, cinta, plus minus sayang, plus minus kuasa - tanpanya akan hambar rasanya - romantis tanpa benci dan kuasa - tidak akan memahami makna romantis yang sesungguhnya. Jika Benci = Cinta - Kuasa berarti Cinta = Benci + Kuasa ???

    Semoga + sayang + cinta + rasa - kuasa terus bertumbuh di dunia ini -

    ReplyDelete
  141. Darmanto Minggele
    18701264006
    S3 PEP

    Romantisme is a pairs.
    Kemana mata ini kuarahkan hanya dia yang nampak inikah romantisme ...

    ReplyDelete
  142. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamu'alaikum W.W
    Romantisme tanpa cinta memang sangat berbahaya. Hidup bisa terasa hambar walaupun terluhat romantis dimata orang lain, tapi jika tanpa cinta, apa daya suatu hubungan tersebut diteruskan. Menjadi suatu pasangan harus saling mencintai satu sama lain
    Wassalamu'alaikum W.W

    ReplyDelete
  143. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Romantisme merupakan dunia yang menjadi tempat dimana dua atau lebih orang menjalin suatu hubungan. Dalam penjelasan dikatakan bahwa akan muncul plus minus dalam menjalin hubungan, pertengkaran, perdamaian dan lain sebagainya. Rangkuman keseluruhan agar romantisme tetap terjaga adalah dengan saling menerima satu sama lainnya. Sebesar apapun masalah atau hambatan yang dihadapi, ketika bisa menerima satu sama lain maka solusi akan lebih mudah ditemui.

    ReplyDelete
  144. Muhammad Fendrik
    18706261001
    S3 Dikdas 2018
    Sebelumnya terima kasih Prof Marsigit untuk ilmunya hari ini.
    Saya memahami dialog tentang romantisme itu cuma ada di dunia karena romantisme selalu berada diantara sesuatu yang bertentang seperti antara sedih dan gembira, tua dan muda, benci dan cinta, hidup dan mati karena pada dasarnya menurut saya bahwa dalam kehidupan sekarang ini banyak kita temui romantisme kehidupan yang kadang kala kita tidak menyadarinya.

    ReplyDelete
  145. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika

    Setiap individu memiliki perasaan yang dapat diekspresikan berdasarkan kondisi hati seseorang. Seseorang mampu mengekspresikan perasaannya secara langsung dan tidak langsung. Orang yang sanggup mensinergikan perasaan cinta dan sayangnya maka terbentuklah romantisme yang mendatangkan kebahagiaan, begitupun sebaliknya yang dapat mendatangkan kebencian. Maka dari itu kitalah yang mendatangkan romantisme bukan datang dengan sendirinya.

    ReplyDelete
  146. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Sungguh analisis yang sangat indah prof.
    Ternyata romantis yang selama ini terdengar dan terucap memiliki makna yang amat luas. Tidak hanya seputar pernak pernik tingkah dan kata sepasang muda mudi, tetapi memuat seisi dunia. Dunia ini adalah romantisme, romantis itu adalah sebenar-benar hidup, dan romantis itu merentang antara benci dan cinta, juga antara benci dan sayang.
    Maka, sebagai manusia yang hidup di dunia, agar benar-benar hidup kita harus pandai menata dan menempatkan cinta, sayang dan kuasa sesuai dengan porsinya masing-masing.

    ReplyDelete
  147. Ningrum Perwitasari
    18706261002
    Pendidikan Dasar S3 2018

    Dari percakapan di atas dapat diambil kesimpulan, ternyata romantis bermakna luas, perpadaduan cinta, kuasa, romantis, damai. Bahwa cinta tidak boleh terlalu plus, terlalu berlebihan karena akan menimbulkan kuasa, dan kuasa plus akan menimbulkan eksploitasi. enar benar hidup itu merentang antara perang dan damai ; antara bertengkar dan cinta berat. Pada akhirnya, sebenar benar hidup itu romantis. Dunia ini adalah romantisme. Maka ramantisme itu adalah dunia. Aih pujangga, Prof. analisisnya.

    ReplyDelete
  148. eni kusrini
    18706261005
    s3 dikdas 2018
    asalamualaikum.analisisnya sangat indah proff.bisa buat acuan dalam kehidupan sehari hari untuk menempatkan cinta dan sayang sesuai dengan porsinya masing masing

    ReplyDelete
  149. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Dalam sebuah hubungan percintaan pasti akan ada sebuah pertengkaran. Setiap pasangan pasti ada selisih paham yang dapat menimbulkan perpecahan antara dua sejoli. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan adanya rasa sayang, percaya, dan saling memahami. Sebuah pertengkaran bukan hanya dapat merusak sebuah hubungan, tapi juga dapat membuat hubungan jauh lebih erat. Mereka akan terbiasa menghadapi halang rintang dan berbagai macam masalah, hal ini akan membuat mereka banyak belajar dan lebih berpengalaman. Sehingga halang rintang yang akan menghadang dapat diselesaikan dengan baik. Disitulah akan tercipata romantisme yang sesungguhnya.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  150. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    "Cinta". Sudah tidak asing lagi kita mendengarnya. Kita biasa mengenal cint sebagai sebuah perasaan yang tumbuh dengan sendirinya. Cinta bisa mengandung banyak makna. Cinta kepada Allah, cinta kepada Rasul, cinta kepada manusia, dan lainnya. Cintalah kepada manusia sewajarnya. Jangan berharap kepada manusia, nanti kau akan kecewa. Berharaplah hanya kepada Allah. Kembali lagi kepada konteks cinta. Cinta sudah pasti sayang,sayang belum tentu cinta. Cinta bisa buta. Sayang bisa hanya sebatas kagum. Bumbunya adalah romantisme dan bertengkar. Beruntungnya jika saling cinta dan saling sayang. Akan tetapi terkadang faktanya, harapan tidak sesuai kenyataan dan bisa mengubah menjadi benci. Benci itu muncul hanya karena keinginan yang tidak terwujud. Sepele. Hmm, begitulah, bicara soal perasaan memang tidak ada habisnya. Asal kita bisa mengendalikan, Insya Allah semua akan muncul dengan seimbang dan sesuai porsinya.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  151. Muhammad Nurfauzan
    14301241015
    S1 Pendidikan Matematika

    Cinta memang luar biasa. Cinta tanpa Romantisme tak cukup indah. Indah tanpa Sayang terasa Hambar. Hambar itu romantisme dg diri sendiri. jika romantisme berdua menjadi indah, dengan sayang makin indah. Cinta itu paradox, aku mencintai dg alasan kau bilang aku akan pergi dengan oerginya alasan itu. Aku mencintai tnpa alasan kau bilang aku akan pergi tnpa alasan. Cinta memang luar biasa.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  152. Lumaurridlo
    18701261010
    S3-PEP 2018

    "Jadi sayang itu merentang antara benci dan sayang"

    (Biyung Cangik)

    Sayang dan benci merupakan dua kutub. Sayang berarti level terendah dari rasa benci, sendangkan rasa benci merupakan kutub terendah dari rasa sayang. Semakin tinggi rasa sayang akan semakin rendah kebencian.Jika kita ingin disayangi maka minimalisirlah hal-hal yang akan mempertinggi kadar kebencian.Perbanyaklah hal yang mempertahankan kadar sayang dan meningkatkannya.

    ReplyDelete
  153. Septia Ayu Pratiwi
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B

    Dari tulisan romantise ini dapat di pahami bahwa cinta, sayang, dan benci saling berkesinambungan. Begitu juga dengan cinta, sayang, dan kuasa. Antara cinta dan sayang juga terdapat hubungan yang begitu kompleks sehingga sulit dijelaskan bagaimana sebenarnya wujud cinta dan sayang itu, karena makna dari kedua hal tersebut begitu mirip. Sedangkan romantisme disini dapat saya pahami bahwa saya cinta dan sayang yang dapat tersampaikan dengan baik dan juga tidak lupa terlibat Kuasa dari Tuhan YME merupakan sebuah romantisme. Kemudian sifat-sifat dari cinta dan sayang adalah sebuah keromantisan. Dari hal-hal tersebut dapat dikatakan bahwa Tuhan itu sangat romantis terhadap hamba-hamba-Nya. Menciptakan kehidupan dengan rasa cinta dan sayang, sehingga makhluk hidup yang terdapat di muka bumi ini dapat menghargai satu sama lainnya. Ternyata Romantisme Tuhan YME itu begitu indah dan tidak terbatas.

    ReplyDelete