Sep 25, 2017

*TERKEJUT*



Oleh: Marsigit UNY

*Mbilung*:
Apakah makna _terkejut_ Mar? Baik atau buruk?

*Semar*:
Yang terkait dengan kata terkejut, misalnya: _suka kejutan, terapi kejut, redam kejut, teori kejutan, tiba tiba, sekonyong konyong, dsb_.

*Semar*:
E... berikut aku berikan contoh.

*Terkejut Jawa*:
_aja gampang gumunan, mak bedunduk, ujug ujug, gege mangsa, tanpa sraba sraba_.

*Terkejut Jawa Ngapak*:
_icir icir, ujug ujug_ .

*Terkejut Ekonomi*:
_disruptive theory, shock therapy_.

*Terkejut Matematika*:
_Catastrope Theory_

*Terkejut Politik*:
_the sock doctrine_.

*Terkejut Anak Muda*:
_kejutan ulang tahun, kejutan bikin heboh, kejutan untuk sensasi_.

*Terkejut Filsafat Jawa*:
_aja nggege mangsa_.

*Terkejut Orang Tua*:
_terkejut berakibat serangan jantung_.

*Terkejut Psikologi*:
_kejutan itu menyadarkan, kejutan itu menyembuhkan, tetapi kejutan juga bisa membuat sakit, terkejut berarti tidak sehat, terkejut itu bukan zona nyaman, terkejut berarti deviasi, kejutan berarti aneh, terkejut itu tidak biasa, terkejut berarti tidak siap, terkejut berarti tidak tahu_.

*Terkejut Komunikasi*:
_terkejut itu berarti ada missing link, terkejut berarti komunikasi yang tidak sehat_.

*Terkejut Kontemporer*:
_kejutan itu inovasi, teori kejutan yaitu kalau sudah terkejut menjadi mudah dimasuki gagasan atau ide_.

*Terkejut Elektronik*:
_kejutan berarti rusaknya alat kelistrikan_.

*Terkejut Masyarakat*:
_terkejut itu penyebab disorientasi_.

*Terkejut Birokrasi*:
_jika pemimpin terkejut maka yang dipimpin mengalami disorientasi, pemimpin terkejut berarti bawahan kurang laporan, yang dipimpin terkejut berarti pemimpin kurang sosia─║isasi_.

*Terkejut Pendidikan*:
_guru terkejut berarti metod├Ę mengajarnya perlu diperbaiki, murid terkejut berarti metode mengajar guru perlu diperbaiki_.

*Terkejut Keluarga*:
_isteri terkejut berarti suami tidak terbuka dan sebaliknya, orang tua terkejut karena tertinggal teknologi, anak terkejut karena orang tua kurang beres_.

*Terkejut Rezeki*:
_terkejut berarti gambling, terkejut berarti kurang bersyukur atau sebaliknya_.

*Terkejut Doa*:
_terkejut berarti godaan, terkejut berarti tidak khusyuk_.

*Terkejut Perang*:
_serangan kejutan bisa melumpuhkan musuh_.

*Terkejut Perjalanan*:
_pertanda hambatan_

*Terkejut Pekerjaan*:
_dimutasi atau dipecat_

*Terkejut Tidur*:
_jika tidur terkejut bisa karena capai atau rangsangan syaraf_.

*Terkejut Syaraf*
_kram_

*Terkejut Bangsa*
_tidak ada bangsa terkejut, yang terkejut itu pemimpinnya_.

*Terkejut Rakyat*
_demonstrasi_

*Terkejut Gunung*
_meletus_

*Terkejut Laut*
_tsunami_

*Terkejut Temanten*:
_mempelai baru terkejut.... wah gawat_.

*Terkejut Melahirkan*:
_tak usah melihat isteri melahirkan, cukup dampingi sambil berdoa_

*Terkejut WA*
_jujur dan terbukalah kepada isteri atau suami_

*Terkejut Bencana, Musibah, Kematian, dll*
_agungkan asma Alloh SWT_

*END*

10 comments:

  1. Restu Widhi Laksana
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251022
    Bismillahirrokhmanirrokhim
    Tulisan dalam artikel ini dapat membuat saya tersenyum untuk membacanya. Penjabaran terkejut secara ekstensif tersebut memberikan beberapa referensi terkejut menurut konteks ruang dan waktu yang ada dan mungkin ada. Maka ketika ada pertanyaan atas suatu hal, perlu adanya pemahaman konteks suatu hal tersebut sesuai dengan waktu dan maksud si penanya untuk bertanya hal tersebut. Sehingga penjelasan yang diberikan dapat relevan.

    ReplyDelete
  2. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan bacaan di atas, telah dijabarkan terkejut yang ditinjau dari berbagai paham.
    Terkejut biasa disebabkan oleh objek yang muncul secara mendadak, baik itu manusia, hewan, ataupun benda. Proses “terkejut” memerlukan sinkronisasi antara beberapa indra, pada kebanyakan orang indra yang bereaksi adalah mata, telinga, dan pernapasan. Namun ada juga yang lidahnya ikut bereaksi sehingga tidak hanya mengeluarkan suara terkejut namun sudah berupa kata maupun rangkaian kata.

    ReplyDelete
  3. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Terkejut, berarti apa yang diluar perkiraan..diluar perhitungan..karena ketidak siapan, ketidaktahuan, ketidaksengajaan..diluar proses syaraf sadar manusia..(bukan reflek)..
    Saya terterik terkejut Jawa alias "nggumunan"...Nggumunan inilah yang bisa membuat pembeda-pembeda manusia...orang nggumunan identik dengan ketidaktahuan dan ketertinggalan informasi/pengetahuan atau bahasa jaman now karena "Kuper"..Inilah kondisi bangsa dan sebagian masyarakat kita yang masih punya sifat nggumunan thd apa yang sdh diperoleh dan dilakukan bangsa lain teruama bangsa-bangsa yng sdh maju, sehingga terkadang bisa mendoktrin kita untuk mengakui bahwa kita ini kecil, kalah dengan bangsa lain..padahal potensi masyarakat dan bangsa kita ini cukup besar..
    Apakah mungkin "Nggumunan" merupakan hasil doktrin dari leluhur kita akibat terlama dijajah, yang menempatkan bangsa penjajah (Belanda/Jepang) mempunya kasta yg lebih tinggi dr kita?? Kita tunggu sisa-sisa doktrin itu hilang seiring bergantinya generasi..

    ReplyDelete
  4. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu’alaikum, Wr.Wb.
    Dari artikel diatas dijelaskan berbagai penyebab terkejut dari berbagai aspek. Terkejut dapat terjadi salah satunya karena tiba-tiba atau diluar espektasi, dll. Ekspresi dari terkejut juga banyak dan melibatkan berbagai indra manusia diantaranya indra penglihatan, pendengaran, dll.

    ReplyDelete
  5. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Saya tertarik pada beberapa penjabaran mengenai terkejut di atas. Terkejut masyarakat artinya penyebab disorientasi atau kerusakan. Ketika masyarakat terkejut terhadap isu sosial, maka, akan ada disorientasi. Oleh karena itu, penyebab disorientasi seperti ini harus diminimalisir dengan komunikasi. Terkejut komunikasi artinya adanya missing link, missing link tersebut yang sebaiknya tidak ada dalam masyarakat mengenai kebijakan misalnya, sehingga disorientasi masyarakat tidak terjadi.

    ReplyDelete
  6. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan mengenai TERKEJUT bahwa suatu kondisi emosi sesaat yang disebabkan oleh timbulnya peristiwa yang tidak disangka, atau tidak seimbangnya keadaan dan kesadaran diri sehingga muncul radiasi yang menyebabkan kondisi tidak normal, bisa diitandai dengan perubahan mimik wajah, suasana hati yang berubah, atau gemetaran di sekujur tubuh atau bagian tubuh tertentu.

    ReplyDelete
  7. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Masih saja ekspresi itu terpasang di wajahnya saat melihat ada hal yang membuatnya kaget, misalnya melihat film horor yang bisa membuat semua wajah berubah raut menjadi berbagai macam muka, tetapi tetap satu makna yaitu terkejut. Bila disebabkan oleh ketidaksangkaan terhadap sesuatu, misalnya banyak video di youtube menanyangkan video di mana seorang Ibu yang ditinggal anaknya untuk pergi wajib militer, setelah lama tidak bertemu si anak memberikan kejutan bagi sang Ibu dengan tiba-tiba sudah ada di rumah dan membuat Ibu terkejut diimbuhi dengan haru dan bahagia. Jadi, terkejut bisa mencakup banyak hal bisa senang, sedih, takut. Sehingga, jangan berpura-pura terkejut bila tidak ingin terkejut secara benar-benar terkejut, karena terkejut itu mempunyai makna tersendiri di setiap individu,.

    ReplyDelete
  8. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Terkejut dapat diartikan dengan berbagai macam sesuai rudang dan waktu. Terkejut dapat terjadi dalam dua kondisi yaitu terkejut yang positif dan terkejut yang negatid, terkejut yang positif dapat memberikan ati yang menyenangkan atau membuat kebahagiaan, namun untuk kata yang bersifat negatif dapat bermakna suatu keadaan yang membuat kesedihan, kekhawatiran dll. Dari kata tersebut dapat diartikan bahwa arti kata terkejut banyak sesuai dengan sudut pandang dan keadaan. Filsafat adalah ilmu yang dipelajari seumur hidup dan filsafat adalah diri sendiri, sehingga dari akta tersebut saja terdapat banyak makna tergantug ruang dan waktu serta dalam keadaan dan fenomena tertentu.

    ReplyDelete
  9. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018
    Hidup adalah perjalanan keterkejutan. Hidup ini sebetulnya penuh dengan keterkejutan Prof. Perjalanan hidup kita penuh dengan keterkejutan. Meskipun kita sudah tahu, tetap saja keterkejutan itu selalu datang. Hampir tidak pernah saya tidak terkejut dengan perjalanan hidup saya. Semua dimulai dari ketidaktahuan, kegelapan, lalu saya bisa hidup seperti sekarang. Senang, sedih, susah gembira, hingga bisa studi dari taman kanak-kanak sampai Pendidikan tinggi semua adalah perjalanan keterkejutan.

    ReplyDelete
  10. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Terkejut merupakan suatu peristiwa yang hampir dialami semua orang atau bahkan semua orang sudah pernah mengalami. Terkejut bisa disebabkan banyak hal misalnya kejutan ulang tahun. Biasanya seorang teman atau saudara yang jahil sering membuat kejutan untuk orang lain. Namun perlu diigat bahwa tidak semua kejutan akan berakhir dengan baik. sebagai seseorang yang memberikan kejutan harus mengetahui untuk siapa kejutan tersebut diberikan. Karena jika kejutan tersebut salah dalam mengaplikasikannya bisa menyebabkan kerugian. Dalam merencanakan segala sesuatu memang memerlukan persiapan yang cukup matang. Kejutan bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan ketika kia bisa mempertimbangkan hal-hal apa saja yang akan terjadi jika hal tersebut dilakukan. Jika semua kemungkinan sudah diatasi, maka kejutanpun bisa dilaksanakan dengan optimal.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete