Sep 25, 2017

*TERKEJUT*



Oleh: Marsigit UNY

*Mbilung*:
Apakah makna _terkejut_ Mar? Baik atau buruk?

*Semar*:
Yang terkait dengan kata terkejut, misalnya: _suka kejutan, terapi kejut, redam kejut, teori kejutan, tiba tiba, sekonyong konyong, dsb_.

*Semar*:
E... berikut aku berikan contoh.

*Terkejut Jawa*:
_aja gampang gumunan, mak bedunduk, ujug ujug, gege mangsa, tanpa sraba sraba_.

*Terkejut Jawa Ngapak*:
_icir icir, ujug ujug_ .

*Terkejut Ekonomi*:
_disruptive theory, shock therapy_.

*Terkejut Matematika*:
_Catastrope Theory_

*Terkejut Politik*:
_the sock doctrine_.

*Terkejut Anak Muda*:
_kejutan ulang tahun, kejutan bikin heboh, kejutan untuk sensasi_.

*Terkejut Filsafat Jawa*:
_aja nggege mangsa_.

*Terkejut Orang Tua*:
_terkejut berakibat serangan jantung_.

*Terkejut Psikologi*:
_kejutan itu menyadarkan, kejutan itu menyembuhkan, tetapi kejutan juga bisa membuat sakit, terkejut berarti tidak sehat, terkejut itu bukan zona nyaman, terkejut berarti deviasi, kejutan berarti aneh, terkejut itu tidak biasa, terkejut berarti tidak siap, terkejut berarti tidak tahu_.

*Terkejut Komunikasi*:
_terkejut itu berarti ada missing link, terkejut berarti komunikasi yang tidak sehat_.

*Terkejut Kontemporer*:
_kejutan itu inovasi, teori kejutan yaitu kalau sudah terkejut menjadi mudah dimasuki gagasan atau ide_.

*Terkejut Elektronik*:
_kejutan berarti rusaknya alat kelistrikan_.

*Terkejut Masyarakat*:
_terkejut itu penyebab disorientasi_.

*Terkejut Birokrasi*:
_jika pemimpin terkejut maka yang dipimpin mengalami disorientasi, pemimpin terkejut berarti bawahan kurang laporan, yang dipimpin terkejut berarti pemimpin kurang sosiaฤบisasi_.

*Terkejut Pendidikan*:
_guru terkejut berarti metodรจ mengajarnya perlu diperbaiki, murid terkejut berarti metode mengajar guru perlu diperbaiki_.

*Terkejut Keluarga*:
_isteri terkejut berarti suami tidak terbuka dan sebaliknya, orang tua terkejut karena tertinggal teknologi, anak terkejut karena orang tua kurang beres_.

*Terkejut Rezeki*:
_terkejut berarti gambling, terkejut berarti kurang bersyukur atau sebaliknya_.

*Terkejut Doa*:
_terkejut berarti godaan, terkejut berarti tidak khusyuk_.

*Terkejut Perang*:
_serangan kejutan bisa melumpuhkan musuh_.

*Terkejut Perjalanan*:
_pertanda hambatan_

*Terkejut Pekerjaan*:
_dimutasi atau dipecat_

*Terkejut Tidur*:
_jika tidur terkejut bisa karena capai atau rangsangan syaraf_.

*Terkejut Syaraf*
_kram_

*Terkejut Bangsa*
_tidak ada bangsa terkejut, yang terkejut itu pemimpinnya_.

*Terkejut Rakyat*
_demonstrasi_

*Terkejut Gunung*
_meletus_

*Terkejut Laut*
_tsunami_

*Terkejut Temanten*:
_mempelai baru terkejut.... wah gawat_.

*Terkejut Melahirkan*:
_tak usah melihat isteri melahirkan, cukup dampingi sambil berdoa_

*Terkejut WA*
_jujur dan terbukalah kepada isteri atau suami_

*Terkejut Bencana, Musibah, Kematian, dll*
_agungkan asma Alloh SWT_

*END*

84 comments:

  1. Restu Widhi Laksana
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251022
    Bismillahirrokhmanirrokhim
    Tulisan dalam artikel ini dapat membuat saya tersenyum untuk membacanya. Penjabaran terkejut secara ekstensif tersebut memberikan beberapa referensi terkejut menurut konteks ruang dan waktu yang ada dan mungkin ada. Maka ketika ada pertanyaan atas suatu hal, perlu adanya pemahaman konteks suatu hal tersebut sesuai dengan waktu dan maksud si penanya untuk bertanya hal tersebut. Sehingga penjelasan yang diberikan dapat relevan.

    ReplyDelete
  2. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan bacaan di atas, telah dijabarkan terkejut yang ditinjau dari berbagai paham.
    Terkejut biasa disebabkan oleh objek yang muncul secara mendadak, baik itu manusia, hewan, ataupun benda. Proses “terkejut” memerlukan sinkronisasi antara beberapa indra, pada kebanyakan orang indra yang bereaksi adalah mata, telinga, dan pernapasan. Namun ada juga yang lidahnya ikut bereaksi sehingga tidak hanya mengeluarkan suara terkejut namun sudah berupa kata maupun rangkaian kata.

    ReplyDelete
  3. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Terkejut, berarti apa yang diluar perkiraan..diluar perhitungan..karena ketidak siapan, ketidaktahuan, ketidaksengajaan..diluar proses syaraf sadar manusia..(bukan reflek)..
    Saya terterik terkejut Jawa alias "nggumunan"...Nggumunan inilah yang bisa membuat pembeda-pembeda manusia...orang nggumunan identik dengan ketidaktahuan dan ketertinggalan informasi/pengetahuan atau bahasa jaman now karena "Kuper"..Inilah kondisi bangsa dan sebagian masyarakat kita yang masih punya sifat nggumunan thd apa yang sdh diperoleh dan dilakukan bangsa lain teruama bangsa-bangsa yng sdh maju, sehingga terkadang bisa mendoktrin kita untuk mengakui bahwa kita ini kecil, kalah dengan bangsa lain..padahal potensi masyarakat dan bangsa kita ini cukup besar..
    Apakah mungkin "Nggumunan" merupakan hasil doktrin dari leluhur kita akibat terlama dijajah, yang menempatkan bangsa penjajah (Belanda/Jepang) mempunya kasta yg lebih tinggi dr kita?? Kita tunggu sisa-sisa doktrin itu hilang seiring bergantinya generasi..

    ReplyDelete
  4. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu’alaikum, Wr.Wb.
    Dari artikel diatas dijelaskan berbagai penyebab terkejut dari berbagai aspek. Terkejut dapat terjadi salah satunya karena tiba-tiba atau diluar espektasi, dll. Ekspresi dari terkejut juga banyak dan melibatkan berbagai indra manusia diantaranya indra penglihatan, pendengaran, dll.

    ReplyDelete
  5. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Saya tertarik pada beberapa penjabaran mengenai terkejut di atas. Terkejut masyarakat artinya penyebab disorientasi atau kerusakan. Ketika masyarakat terkejut terhadap isu sosial, maka, akan ada disorientasi. Oleh karena itu, penyebab disorientasi seperti ini harus diminimalisir dengan komunikasi. Terkejut komunikasi artinya adanya missing link, missing link tersebut yang sebaiknya tidak ada dalam masyarakat mengenai kebijakan misalnya, sehingga disorientasi masyarakat tidak terjadi.

    ReplyDelete
  6. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan mengenai TERKEJUT bahwa suatu kondisi emosi sesaat yang disebabkan oleh timbulnya peristiwa yang tidak disangka, atau tidak seimbangnya keadaan dan kesadaran diri sehingga muncul radiasi yang menyebabkan kondisi tidak normal, bisa diitandai dengan perubahan mimik wajah, suasana hati yang berubah, atau gemetaran di sekujur tubuh atau bagian tubuh tertentu.

    ReplyDelete
  7. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Masih saja ekspresi itu terpasang di wajahnya saat melihat ada hal yang membuatnya kaget, misalnya melihat film horor yang bisa membuat semua wajah berubah raut menjadi berbagai macam muka, tetapi tetap satu makna yaitu terkejut. Bila disebabkan oleh ketidaksangkaan terhadap sesuatu, misalnya banyak video di youtube menanyangkan video di mana seorang Ibu yang ditinggal anaknya untuk pergi wajib militer, setelah lama tidak bertemu si anak memberikan kejutan bagi sang Ibu dengan tiba-tiba sudah ada di rumah dan membuat Ibu terkejut diimbuhi dengan haru dan bahagia. Jadi, terkejut bisa mencakup banyak hal bisa senang, sedih, takut. Sehingga, jangan berpura-pura terkejut bila tidak ingin terkejut secara benar-benar terkejut, karena terkejut itu mempunyai makna tersendiri di setiap individu,.

    ReplyDelete
  8. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Terkejut dapat diartikan dengan berbagai macam sesuai rudang dan waktu. Terkejut dapat terjadi dalam dua kondisi yaitu terkejut yang positif dan terkejut yang negatid, terkejut yang positif dapat memberikan ati yang menyenangkan atau membuat kebahagiaan, namun untuk kata yang bersifat negatif dapat bermakna suatu keadaan yang membuat kesedihan, kekhawatiran dll. Dari kata tersebut dapat diartikan bahwa arti kata terkejut banyak sesuai dengan sudut pandang dan keadaan. Filsafat adalah ilmu yang dipelajari seumur hidup dan filsafat adalah diri sendiri, sehingga dari akta tersebut saja terdapat banyak makna tergantug ruang dan waktu serta dalam keadaan dan fenomena tertentu.

    ReplyDelete
  9. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018
    Hidup adalah perjalanan keterkejutan. Hidup ini sebetulnya penuh dengan keterkejutan Prof. Perjalanan hidup kita penuh dengan keterkejutan. Meskipun kita sudah tahu, tetap saja keterkejutan itu selalu datang. Hampir tidak pernah saya tidak terkejut dengan perjalanan hidup saya. Semua dimulai dari ketidaktahuan, kegelapan, lalu saya bisa hidup seperti sekarang. Senang, sedih, susah gembira, hingga bisa studi dari taman kanak-kanak sampai Pendidikan tinggi semua adalah perjalanan keterkejutan.

    ReplyDelete
  10. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Terkejut merupakan suatu peristiwa yang hampir dialami semua orang atau bahkan semua orang sudah pernah mengalami. Terkejut bisa disebabkan banyak hal misalnya kejutan ulang tahun. Biasanya seorang teman atau saudara yang jahil sering membuat kejutan untuk orang lain. Namun perlu diigat bahwa tidak semua kejutan akan berakhir dengan baik. sebagai seseorang yang memberikan kejutan harus mengetahui untuk siapa kejutan tersebut diberikan. Karena jika kejutan tersebut salah dalam mengaplikasikannya bisa menyebabkan kerugian. Dalam merencanakan segala sesuatu memang memerlukan persiapan yang cukup matang. Kejutan bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan ketika kia bisa mempertimbangkan hal-hal apa saja yang akan terjadi jika hal tersebut dilakukan. Jika semua kemungkinan sudah diatasi, maka kejutanpun bisa dilaksanakan dengan optimal.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  11. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Assalamualaikum wr.wb.
    saya tertarik dengan tulisan terkejut do'a, karena memang yang sering terjadi dan yang sering dilakukan ketika orang yang lagi tertimpa musibah dan masalah melakukan terkejut do'a. yang biasanya jarang berdo'a maka dengan adanya suatu yang mendesak akan sepontan berdo'a yang dinamakan terkejut do'a. hal ini yang tidaK Boleh dilakukan, kita sebagai hamba Alloh yang mempunyai Alloh yang maha kaya maka dalam keadaan apapun berdo'alah setiap waktu dengan penuh Ikhlas.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  12. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Bisa kita maknai bahwa terkejut memiliki makna yang beragam berdasarkan persepsi masing-masing yang merasakannya. Rekasi ini merupakan sesuatu yang lumrah dan juga sering kali kita merasakannya. Terkejut bisa juga bermakna baik atau buruk. Bermakna baik yaitu ketika kita merasakan kebahagiaan sedangkan makna yang buruk yaitu ketika kita merasakan kesedihan. Namun, sebaik-baik kita merasakan atau melihat reaksi terkejut adalah dengan mengagungkan asma Allah Ta’ala. Oleh karena itu, terkujut merupakan pikiran.

    ReplyDelete
  13. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Terkejut dalam elegi tersebut dapat dimaknai sesuai dengan pandangan dan perasaan seseorang. dalam terkejut sendiri itu ada yang negatif dan adayang positif. Ketika kita menerima suatu hadiah dari orang secara mendadak maka hati kita akan senang dalam keadaan tersebut. Namun jika terjadi sesuatu seperti bencana Alam, atau keadaan yang buruk secara tiba-tiba maka secara langsung kita akan berdzikir kepada Allah. Dalam suatu keadaan terkejut merupakan suatu keadaan yang tidak siap dari seseorang, baik untuk terkejut posistif maupun negatif. Semoga Allah selalu menjaga kita dalam keadaan yang terbaik menurut-Nya. Aamin

    ReplyDelete
  14. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Keadaan tidak siap saat bertemu sesuatu atau tindakan spontan saat suatu hal yang tak terduga terjadi merupakan salah satu bentuk terkejut. Tidak bisa disalahkan juga kondisi hati yang belum siap menerima keadaan yang benar-benar spontan terjadi di depan mata tanpa ada waktu untuk berpikir dan merasakan, itu terkejut. Tidak bisa mengubahnya menjadi yang diinginkan oleh pikiran dan hati, sehingga apa adanya harus diterima dan diikuti saja sesuai dengan apa yang telah muncul dalam kejadian tersebut. Bila ingin megantisipasi terkejut bisa dengan selalu fokus , selalu terjaga, bisa menjadi peka, sensitif terhadap gerak-gerik sekecil apapun di sekitar kita.

    ReplyDelete
  15. Lukman
    18701264003
    S3 PEP 2018

    Terkejut pada umumnya sebagaimana disebutkan di atas disebabkan karena tidak adanya kesiapan. Diriwayatkan banyak manusia terkejut saat akan dicabut nyawanya, namun bagi yang siap mati adalah perjalanan pulang yang menyenangkan. Allah SWT berfirman kepada mereka: “Wahai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridha dan diridhai-Nya, masuklah dalam golongan hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku”.
    Terima kasih, Wallohu A'lam.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Terkejut adalah suatu akibat dari ketidaksiapan kita terhadap apa yang terjadi. Biasanya kita terkejut akan sesuatu yang tidak kita sangka akan terjadi. Bisa juga kita akan terkejut jika sesuatu terjadi diluar pemikiran kita. Terkejut merupakan akibat yang biasa spontan terjadi. Terkejut juga bisa terjadi karena tingkat kefokusan kita terhadap sesuatu berkurang.

    ReplyDelete
  17. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Sensor gerak dalam pikiran yang tidak siap dan mengakibatkan hati juga ikut tidak waspada akan hal yang di luar kendali dan di luar sensor diri. Akibatnya menjadi terkejut dan membuat syaraf menjadi tegang. Memang tidak bisa diprediksi kapan akan mendapat sentruman kaget dari faktor luar tubuh, tetapi bila di dalam mimpi biasanya akan mengalami mimpi seperti jatuh dari bangunan tinggi, jatuh dari tangga, dll itu termasuk terkejut yang berasal dari faktor alam bawah sadar manusia. Tetapi bila sudah bangun maka rasa terkejut itu sudah tidak terasa karena sudah dirasakan dalam mimpi.

    ReplyDelete
  18. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Terkejut bisa dimaknai dalam berbagai pemahaman. Tergantung pemakaiannya dalam di penggunaannya di kehidupan keseharian. Dalam psikologi terkejut menjadi suatu ungkapan yang tercipta dari pikiran dan hati yang kemudian dikeluarkan dengan kata-kata yang terekam dalam memori otak. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  19. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Manusia pasti pernah mengalami yang namanya terkejut. Sesuatu yang datang dengan tidak disangka-sangka dalam bentuk perasaan, perbuatan, kejadian dan segala bentuk hal yang lain. Terkejut juga memiliki tingkat yang berbeda-beda seperti terkejut karena senang, sedih, bahagia, kaget dan lainnya sesuai dengan ruang dan waktu tertentu. Sehingga terkejut memiliki definisi yang berbeda bagi setiap orang yang mengartikannya.

    ReplyDelete

  20. Lumaurridlo
    18701261010
    S3-PEP 2018



    *semar : kamu paham lung?
    *mbilung: kalo begitu saya terkejut pikir Mar
    *semar : kenapa bisa seperti itu Lung
    *mbilung: saya baru sadar bahwa dari semua terkejut itu ternyata kembali kepada Alloh SWT
    *semar : Allohu Akbar
    *Mbilung: kenapa Mar
    *semar : Aku Terkejut

    ReplyDelete
  21. Hanif cahyo adi kistoro
    PEP 2018 / 18701264004

    terkejutpun banyak ragamnya. terkejut tidak hanya tekait dengan kekagetan. tetapi ada filosofi dari terkejut. ada yang terkejut karena senang mendapatka sesuatu, ada yang sedih karena tertimpa sesuatu. ada yang terkejut karena tidak tahu dan masih banyak lagi jenisnya. terkejut penting buat kita untuk menakar seberapa faham kita terhadap seuatu. dan seberapa besar kita merespon sesuatu.semakain terkejut dengan kehidupan ini maka semakain sadar kita bahwa kita hanyalah mahkul kecil dan tidak tahu apa apa dihadapan Tuhan yang Maha Kuasa

    ReplyDelete
  22. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Kata Terkejut hampir bahkan sangat hampir mirip dengan Heran. Namun tetap berbeda arti, terkejut menurut saya adalah reaksi perasaan dan bukan pemikiran yang sudah lumrah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, reaksi ini adalah spontan terjadi ketika sesuatu yang tidak di kehendaki terjadi begitu saja. Contoh : (Ulang Tahun) kita sendiri dalam ruangan tertentu, lalu datang orang dengan membawa Hadiah tanpa kita sadari.

    ReplyDelete
  23. secara umum telah meliputi makna terkejut yang sering terjadi. Dan terdapat pula beberapa istilah yang menarik untuk dipelajari seperti, terkejut matematika, terkejut ekonomi dan terkejut politik.

    ReplyDelete
  24. Hal yang menarik lainnya adalah terkejut psikologi. Pada bagian ini banyak mahasiswa yang terkejut saat melakukan proses tes wawancara untuk masuk di perguruan tinggi ataupun di lembaga pemberi beasiswa. Biasanya, para mahasiswa ini menampakkan ketidaktahuannya ataupun ketidaksiapannya di depan pewawancara. Terkejut mahasiswa lainnya juga adalah tiba masa tiba akal, merupakan kebiasaan mahasiswa zaman now.

    ReplyDelete
  25. Darmanto Minggele
    18701264006
    S3 PEP

    Terkejut adalah fenomena. Sinonim dari terkejut adalah takjub, yang sedang menjadi fenomena sekarang ini dimana khalayak dapat dengan mudahnya takjub terhadap sesuatu yang terbungkus.

    ReplyDelete
  26. Laily Amin Fajariyah
    19
    Terkejut Mata Kuliah Filsafat Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

    "Terkejut" yang terjadi di matakuliah Filsafat hari ini adalah bertemu dan diajar secara langsung oleh Prof. Marsigit yang dulu hanya bisa saya lihat dari jauh (deretan kursi di belakang) saat Bimtek Lesson Study di Dikpora Gunungkidul. Dan lebih terkejutnya lagi adalah ketika beliau menyampaikan makna nama beliau secara konvensional yang berarti "mars" tersamar dan "sigit" itu tampan...baru tahu kalau ada "ganteng yang tersamar" ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ tapi semakin terkejut lagi tatkala Sang Professor menyampaikan makna namanya secara kontemporer yang berarti "Mars See Gate" which means gerbang utk melihat Mars atau diibaratkan keilmuan. Terkejut sayanya mah. Terkejut kronis bagaimana bisa beliau yang Math bisa bermain dengan kata sedemikian rupa dan membuat saya terkejut menyadari saya yang orang Bahasa belum bisa sekreatif beliau dalam membuat keterkejutab yang hakiki ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
    Maturnu Prof.untuk kuliah perdana yang penuh kejutan dan tentunya amazing kronis.
    Salam taklim dari mahasiswa asli mBantul yang ngajar di Nggunungkidul ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  27. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    Pendidikan Matematika S2 D 2019

    Terkejut memiliki arti atau makna yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, dimana dapat bersifat positif juga negatif. Terkejut merupakan suatu reaksi manusia terhadap suatu hal yang belum pernah diketahui sebelumnya maupun yang tidak sesuai dengan apa yang mereka pikirkan. Intinya dalam hidup ini pasti kita sebagai manusia pernah mengalami yang namanya terkejut, karena pada dasarnya Allah telah menyiapkan berbagai macam kejutan untuk manusia dalam menjalani kehidupan. Dan yang paling penting adalah bagaimana cara kita menanggapi kejutan sehingga kita dapat mengambil hikmah dari segala hal yang telah terjadi, entah itu yang baik maupun yang buruk.

    ReplyDelete
  28. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Belajar memaknai terkejut, terkejut berawal dari ketidaktahuan yang berada sebelum adanya kejadian. Terkejut bisa menjadi menakutkan jika menganggapnya sebagai sesuatu yang ditakuti. Namun terkejut adalah pembelajaran diri, menyadarkan bahwa kita sebagai manusia tidak luput dari kesalahan. Manusia adalah makhluk terbatas dan banyak hal yang belum diketahui banyak hal yang logikapun tak sanggup untuk memikirkannya. Adalah benar bahwa kejutan yang terindah adalah kejutan dari Sang Maha Kuasa, sebab tidak ada sesuatu yang tidak baik dari suatu kejutan. Pasti ada pelajaran yang dapat kita maknai untuk amunisi kehidupan di masa yang akan datang. Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  29. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika

    Terkejut dapat dimakanai suatu kondisi tubuh ataupun pikiran dalam keadaan tidak siap dengan apa yang sedang terjadi. Terkejut adalah hal lumrah yang tejadi pada manusia. Setiap manusia pernah mengalami yang namanya terkejut. Proses terkejut dikarenakan respon yang diakibatkan adanya stimulus yang diterima melalui panca indera secara mendadak atau tiba-tiba. Sebagaimana terkejut karena senang, sedih dan sebagainya.

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum
    Ahmad syajili
    19709251066

    Terkejut itu menjadi hal yang lumrah bagi setiap manusia. Pada bahan bacaan di atas di sebutkan berbagai paham, pikiran, berbagai makna dari terkejut menurut beberapa makna. Dari satu kata terkejut yang simple tapi bermakna sangat banyak.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terkejut dapat diartikan sebagai keadaan dimana seseorang belum siap untuk mengetahui suatu hal itu. Selain itu, terkejut juga dapat diartikan sebagai suatu reaksi seseorang terhadap suatu hal yang tidak sesuai dengan apa yang mereka pikirkan atau belum terpikirkan. Contohnya yaitu terkejut dengan banyaknya cincin yang dipakai Pak Prof. Marsigit di jari tangannya dan besar-besar pula. Lalu terkejut dengan adanya nama-nama dari cincin-cincin tersebut dan filosofi-filosofi dari cincin-cincin tersebut.
    selain itu, yang lebih terkejut lagi ialah dengan makna nama Pak Prof. Marsigit yang memiliki arti secara klasik dan secara kontemporer. Secara klasik, nama beliau berarti berarti "mar" yang artinya tersamar/tersembunyi, dan "sigit" yang berarti tampan, sehingga beliau menyimpulkan arti namanya yaitu "Orang tampan yang selalu mencari ilmu". Sedangkan secara kontemporer yaitu "Mars" itu planet, "See" itu melihat, dan "Gate" itu gerbang, jadi arti keseluruhan yaitu pintu gerbang menuju planet mars atau diibaratkan dengan keilmuan.

    ReplyDelete
  33. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terkejut bisa dimaknai dengan positif dan negatif. Pada dasarnya terkejut adalah suatu keadaan dimana kenyataan tekadang berbeda dengan persepsi, dapat juga diartikan dengan keadaan ketidaksiapan sesorang.

    Dalam kehidupan sehari-hari kitapun tak lepas dari kejutan-kejutan kecil entah itu positif maupun negatif. Terkejut pada hal-hal yang sifatnya positif, mungkin akan menciptakan kebahagian dan kesenangan khusus. Lalu bagaimana dengan yang negatif? Menurut saya, terus belajar dan berilmu adalah cara yang terbaik untuk menyikapi keterkejutan kita pada hal-hal yang negatif.
    Wallahu a’lam bis-shawab

    ReplyDelete
  34. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A

    Di dalam artikel tersebut kata  "terkejut" memiliki makna yang luas. Terkejut bisa dimaknai sebagai hal yang baik maupun buruk tergantung situasi dan kondisi yang dialami. Untuk hal baik, terkejut bisa karena rasa senang, misalnya terkejut mendapatkan kado ulang tahun. Sedangkan untuk hal yang buruk bisa karena musibah, misalnya terkejut karena lupa membawa uang saat sedang makan di warung. Tetapi jangan berlebihan dalam mengekspresikan rasa terkejut karena Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

    ReplyDelete
  35. Hanifah Nabila Hendral
    S2 PEP A 19701251003
    Assalamualaikum
    dari membaca artikel tentang ikhlas yang Prof tulis, saya jadi mengetahui pengertian ikhlas, ikhlas menurut rezeki, pendidikan dan lain sebagainya. yang saya tekankan pada ikhlas menurut pendidikan. saya menyimpulkan jika siswa tidak mengerti dengan apa yang kita ajarkan, maka yang salah adalah diri kita selaku guru. jadi kita haruslah mencari cara dengan menerapkan metode2 pembelaran yang cocok agar siswa dapt menangkap/memahami apa yang kita ajarkan.jangn selalu salahkan siswa yang tidak mengerti, namun kita harus muhasabah bukannya justru menyalahkan orang lain.
    masyaallah...tabarakallah
    wassalamualaikum

    ReplyDelete
  36. Assalamu’alaikum wr.wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    PEP S2 A 2019
    artikel ini menjelaskan makna dari terkejut dari berbagai aspek kehidupan. Terkejut dapat dimaknai menjadi sesuatu hal yang positif atau sesuatu hal yang negatif. Refleksinya adalah segala makna yang diakibatkan dari terkejut harus menghadapinya tetapi jangan sampai kita terjerumus ke hal-hal negatif yang termasuk dari makna terkejut yang telah disebutkan pada artikel.
    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  37. Heriansyah
    19701261017
    PEP S3 2019

    Terkejut itu menyadarkan. Makna yg sangat positif dari terkejut. Kadang hidup dan kesuksesan kita diperlukan kejutan untuk memotivasi menjadi lebih baik. Tanpa kejutan kita kadang tidak mau beranjak dari Zona nyaman sehingga sulit utk berubah. Banyak tokoh besar lahir dari "kejutan-kejutan". Terima kasih prof inspirasinya.

    ReplyDelete
  38. Ainun Mahfuzah
    19706261011
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum, wr.wb
    Terkejut merupakan salah satu contoh destruktif, yang akan menghasilkan efek negatif bagi diri kita sendiri. Secara umumnya, dari pengalaman kita mengetahui bahwa terkejut adalah ketidaksiapan dan ketidaktahuan. Terkejut dapat diredam dengan pengalaman diri untuk menerima semua keadaan yang akan terjadi.
    Wassalam, wr.wb

    ReplyDelete
  39. sintha fardu anggraeni
    19709251071 /D
    S2 pendidikan matematika 2019

    terkejut adalah suatu kondisi yang tidak sesuai atau belum sesuai dengan yang ada pada pikiran kita dengan kata lain terkejut mungkin terjadi ketika kita menghadapi suatu kontradiksi. Jika kita menghadapi suatu kejutan atau kontradiksi yang cukup berat, maka lebih baik kembalikan kepada Tuhan YME, berserah diri kepada-Nya.

    ReplyDelete
  40. Meilan Lengkong
    19701251011
    S2 PEP 2019

    Syalom.
    Assalamualaikum.
    Artikel ini memberikan Pemahaman baru kepada saya bahwa terkejut memilki sifat, kriteria bahkan ekspresi dalam bidangnya masing-masing. sejauh ini yang dipahami sebagai "terkejut" adalah situasi dimana kita dihadapkan dengan keadaan dan situasi yang benar-benar diluar dugaan, kita akan dialami. Namun, memandang lebih luas lagi apa sebenarnya "Terkejut" itu ? kembali kita pahami dan dalami apa yang ada dalam Artikel ini. "Terkejut" bukan hanya keadaan atau situasi yang diluar dugaan, tetapi "Masalah/Persoalan" pun yang sering kita alami namun tanpa kita sadari adalah merupakan bagian dari "Terkejut" itu.

    Syalom.
    Wassalamualaikum.

    ReplyDelete
  41. Achmad Rante Suparman
    19701261010
    PEP S3 2019

    Terima kasih Prof, tulisan yang sangat bagus.
    Memaknai terkejut dari berbagai sisi.
    Izin memaknai terkejut dari sisi kimia Prof.

    *Terkejut Kimia*:
    _Reaksi reversibel, reaksi irreversibel dan reaksi spontan_


    "Terkejut adalah adalah rangsangan dari luar yang mengakibatkan respon dari dalam diri"

    Terkejut reversibel terkejut bolak balik, yang melihat sisi asal keterkejutan dan berusaha memberi respon kembali yang positif.

    Terkejut Irreversibel memberikat kejutan searah, hanya melihat hasil keterkejutan.

    Terkejut spontan, keterkejutan dengan respon sesaat.


    Terima kasih.

    ReplyDelete
  42. Galih Istiningsih
    19706261009
    s3 pendidikan dasar

    Assalamualaykum.

    Tulisan prof itu sangat inspiratif.. Ternyata terkejut memiliki ragam filsafat yang luas. Dari mulai terkejut urusan duniawi dan kun faya kun. Tetapi hal "terkejut" setidaknya mampu menjadikan kita mampu merefleksikan diri untuk sabar, syukur dan ikhlas hidup di dunia.
    Terkejut yang tidak bias kita hindari adalah ajal. Semoga kita semua mampu mempersiapkan terkejut urusan akhirat.

    ReplyDelete
  43. Anna Isabela Sanam
    19701251001
    S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

    Selamat siang Prof, saya pribadi saat membaca postingan ini “TERKEJUT”. Bagaimana tidak karena saya mulai berasumsi bahwa sadar dan tidak sadar setidaknya seseorang mampu terkejut lebih dari 10 kali per hari. Berapapun banyaknya jenis terkejut itu, menurut saya ada dua macam terkejut yang sering dialami seseorang yakni terkejut plus dan terkejut minus. Terkejut plus tentunya yang bernuansa plus - plus seperti plus bahagia, plus damai, plus harmonis, dll. Sedangkan terkejut minus effectnya pasti minus misalnya bisa menimbulkan masalah, menyebabkan sakit, memberikan perasaan sedih dll. Oleh karena itu, setiap kita manusia setidaknya akan mengalami kedua macam terkejut ini dalam kehidupan sehari – hari tergantung seberapa siapnya diri kita untuk menerima dan menjalani.

    ReplyDelete
  44. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Terkejut kritis : dapatlah menyelamatkan dan mematikan kehidupan, bahkan sekaligus. Tak sedikit orang yang mati karena keheranan pun tak sedikit pula yang hidup panjang karena keheranan. Kematian karena terkejut dapat terjadi karena kelainan jantung, sekali dia terkejut, maka berhentilah. Keselamatan kehidupan karena terkejut dapat terjadi di ruang perawatan, dengan bantuan defibrillator berkemungkinan menyelamatkan nyawa 70%. Sungguh, terkejut adalah penyelamat sekaligus pembunuh sesuai konteks. Konteks menempatkan segala sesuatu sebagai positif dan negatif.

    Sedangkan gagap adalah dampak dari terkejut yang kadang tak bisa dihindarkan, bolehlah kita terkejut tapi jangan sampai gagap, misalkan pada zaman, bagaimana bisa dilalui apabila gagap saja sudah menyita waktu.

    ReplyDelete
  45. Ratna Hidayah
    19706261007
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum, wr.wb
    Dari banyak contoh terkejut di berbagai aspek kehidupan, saya memahami bahwa terkejut cenderung lebih banyak merugikan. Terkejut sendiri diartikan sesuatu yang muncul secara tiba tiba dan tidak diduga sebelumnya sehingga ada ketidaksiapan dengan apa yang terjadi. Kejutan merupakan hal yang tidak bisa kita tolak. Maka dari itu, kita harus selalu siap untuk menerima kapan saja dan siap mengantisipasi dampak yang akan ditimbulkan dengan segala bentuk terkejut. Butuh kesabaran, keikhlasan, doa dan amalan ibadah yang tanpa batas untuk segala bentuk terkejut (khususnya kejutan dari maha kuasa).
    Wassalamu’alaikum, wr.wb


    ReplyDelete
  46. Alfiana Dewi
    19701251005
    PEP A 2019

    Assalammualammualaikum
    Terkejut iptek : dalam era revolusi 4.0 masyarakat dituntut mampu dan paham dalam iptek,Namun menurut survei LIPI terdapat 54 % dari 1.829 responden di 10 kota di Indonesia kurang paham isu-isu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Dan ini membuat masyarakat akan terkejut jika mendapat isu isu mengenai iptek, ada yg menanggapi secara antusias dan mencari sumber kebenaran, biasa aja dan yang paling berbahaya jika menanggapi tanpa ada mencari sumber dari mana isu itu berasal hingga menimbulkan HOAX.

    ReplyDelete
  47. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019
    “Terkejut” menjadi hal yang sudah lumrah di Kalangan masyarakat. Sebagian besar orang pasti pernah merasakan sensasi kejut yang timbul akibat hal-hal yang dianggap mengejutkan. Dari artikel bapak saya sangat sependapat pada bagian “terkejut psikologis” yang menyatakan bahwa seseorang yang terkejut itu merupakan akibat dari suatu ketidaksiapan. Untuk mengatasi agar seseorang tidak terkejut dengan suatu peristiwa maka orang tersebut harus menyiapkan diri. Menurut hemat saya, sikap yang tepat agar dapat menyiapkan diri yaitu dengan mempertimbangkan setiap risiko yang mungkin terjadi atas setiap perbuatan yang kita lakukan. Namun demikian, ketika kita melakukan perbuatan-perbuatan yang baik, kita tidak perlu mengharapkan imbalan dari apa yang kita kerjakan.

    ReplyDelete
  48. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Dalam postingan ini disampaikan berbagai macam arti dari terkejut. Sangat menarik karena satu kata ternyata memiliki banyak makna sesuai dengan bidang ilmu atau ruang lingkupnya. Hal ini bisa menjadi pembelajaran bagi para pembaca bahwa ada banyak makna atau arti dari sesuatu, sehingga kita tidak bisa hanya melihatnya dari satu sisi saja, akan lebih baik bahwa kita mau menerima perbedaan makna itu dan menyikapinya dengan bijak. Sikap mau menerima berbagai penjelasan makna akan melatih kita menjadi insan yang senantiasa terbuka menerima info baru, senantiasa mau belajar karena tau bahwa ada banyak hal yang bisa dipelajari dari satu hal saja.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  49. Bisa dibayangkan bagaimana ekspresi wajah, intonasi Suarah, gerakan tangan, gerakan kepala dan gerakan kaki dari orang yang sedang terkejut? Uraian artikel dari Prof "terkejut" bisa disimpulkan dengan macam macam ekspresi tersebut. Setiap orang memiliki gaya masing masing ketika mendapat kejutan. Masing masing bentuk inilah yang membuat arti kata terkejut memiliki makna yang berbeda beda. Jadi ketika kita terkejut maka kita sedang menunjukkan ekspersi sesuai dengan perhelatan batin dan pikiran kita kita pada saat dan ruang tertentu. Itulah makna yang saya petik dari artikel ini

    ReplyDelete
  50. Hajra Yansa
    19701251012
    2019 PEP A

    Terkejut adalah kondisi tubuh atau sesuatu yang belum siap menerima respon dari luar (lingkungan) sehingga menimbulkan ekspresi atau tindakan baru. Saya sangat sepakat dengan Prof. Bahwa istilah terkejut ini bisa dilabel untuk semua hal seperti terkejut gunung berarti meletus terkejut orang tua adalah serangan jantung.

    ReplyDelete
  51. Bismillah,
    Choirul Amri (19709251078)
    S2 Pendidikan Matematika D

    Terimakasih Bapak atas contoh-contoh dari kata terkejut itu sendiri baik dan buruknya atau senang dan sedihnya sudah dicontohkan. Melalui contoh yang Bapak berikan, saya memiliki pendapat bahwa "terkejut" memiliki beragam makna sesuai dimana ditempatkan dalam ruang dan waktu apa oleh karenanya dapat diartikan baik dan dilain sisi dapat diartikan buruk. Namun dari berbagai interpretasi makna "terkejut" menurut saya adalah sesuatu yang terjadi, yang ada tanpa sadar adanya dan tidak direncanakan serta berdampak mengherankan. Dimana apa yang terjadi itu belum siap direspon atau sesuatu yang tiba-tiba atau baru. namun intinya, terkejut atau kejutan adalah rahasia Allah yang disiapkan, yang dihadiahkan kepada kita yang seyogyanya kita dapat menerima dan memahami makna disebalik itu atau kebaikan disebaliknya.

    ReplyDelete
  52. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D
    Dari tulisan ini dapat saya lihat bahwa “terkejut” ada disetiap aspek kehidupan. Terkejut memiliki sebab dan akibat atau jika maka. Dalam dunia pendidikan pun ada berkaitan dengan pembelajaran dan metode. Dalam pemerintahan juga ada, keluarga dan sekitar pun ada. Betapa luas penjabaran terkait “terkejut”. Bahwa terkejut bukan hanya sesuatu yang dialami karena hal yang tiba tiba.

    ReplyDelete
  53. JEWISH VAN SEPTRIWANTO
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Artikel ini memberikan Pemahaman baru kepada saya bahwa terkejut memilki sifat, kriteria, makna bahkan ekspresi yang berbeda-beda dari berbagai aspek dan sudut pandang yang kompleks. Terkejut adalah suatu kondisi emosi sesaat yang disebabkan oleh timbulnya peristiwa yang tidak disangka. Terkejut sebaiknya direspon positif sebagai sebab akibat, jika maka dari sebauh stimulus sehingga berdampak baik kita baik perkataan ataupun perbuatan

    ReplyDelete
  54. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Terkejut adalah keadaan dimana seseorang menemui sesuatu yang tidak sesuai dengan dugaannya. Hal ini dapat terjadi ketika suatu hal secara tiba-tiba memberikan hasil yang diluar ekspektasi.Berdasarkan tulisan Prof. Marsigit, juga disampaikan bahwa terkejut dapat dipandang dari berbagai sudut pandang ilmu. Hal yang membuat terkejut dapat berupa bersifat positif ataupun negatif, tapi dibalik setiap hal yang membuat terkejut pasti ada pesan atau makna tyang tersirat.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  55. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Terkejut secara bahasa bermakna sebagai suatu tindakan yang dilakukan dengan tidak sengaja. Terkejut tentu dapat dialami oleh banyak orang. Namun pada tulisan ini, menyadarkan saya bahwa alam pun dapat terkejut dengan caranya masing-masing. Seperti halnya gunung ketika terkejut akan menimbulkan gunung Meletus, sedangkan laut yang terkejut mengakibatkan tsunami.

    ReplyDelete
  56. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018
    Terkejut juga dapat diartikan sebagai bentuk reaksi reflek seseorang atas stimulan yang ditangkap oleh fisik, pikiran dan nalar tercermin dalam berbagai sikap dan tindakan. Hal tersebut didukung oleh indera pendengaran, penglihatan, perasaan atau kepekaan. Disaat terkejut, kita dituntut untuk menjaga pikiran dan perasaan. Karena jika tidak, dapat berdampak pada tindakan yang keliru atau bahkan membahayakan diri. Seperti orang tua yang terkejut dapat berakibat munculnya serangan jantung.
    Assalamu’alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  57. Anna Isabela Sanam
    S2 PEP A 2o19,
    19701251001

    Memaknai tulisan kali adalah bahwa hidup ini sangat penting untuk selalu memiliki persiapan. Dalam perkuliahan kali lalu saya mengingat jelas contoh persiapan diri yang dijelaskan sangat sederhana yakni walau memiliki mobil serta driver pribadi untuk mengantar dan menjemput tapi kita sebagai pemilik perlu tahu cara mengendarai kendaraan lain misalkan saja motor. Sehingga ketika sang driver berhalangan maka kita sudah dapat mengantisipasi hal tersebut. Dalam tulisan ini terkejut bisa positif atau negative. Masing – masing jenisnya memiliki dampak tersendiri. Oleh karena itu, sebaiknya sebagai manusia kita harus bersiap pada segala kemungkinan yang akan selalu kita hadapi dalam kehidupan sehari – hari. Baik itu hal baik maupun hal buruk.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  58. Anna Isabela Sanam
    S2 PEP A 2o19,
    19701251001

    Ini merupakan komentar ketiga saya terkait topik “terkejut” dalam blog ini. Saya sangat tertarik dengan tulisan ini karena semua jenis terkejut yang dituliskan adalah yang kita jumpai dalam hidup sehari – hari. Namun, kali ini bagian yang semakin menarik adalah terkejut pendidikan yakni ketika guru dan siswa terkejut maka hanya satu hal yang diperbaiki adalah metode mengajar. Artinya bahwa keberhasilan peroses mengajar bergantung pada persiapan mengajar guru. Keberhasilan siswa dalam pembelajaran juga dipengaruhi oleh persiapan guru. Semoga bagian terkejut pendidikan dapat memberikan motivasi bagi kita agar kelak dapat menjadi guru yang professional serta mampu bertanggung jawab atas tugas – tugas kita.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  59. Hidayatul wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Terkejut memiliki berbagai makna dari berbagai aspek. Terkejut dapat mengakibatkan kesenangan atau kesedihan, hal tersebut tergantung pada ruang dan waktu. Terkejut dikarenakan keadaan dimana seseorang belum siap terhadap suatu hal. Terkejut bisa untuk yang ada maupun yang tidak ada. Oleh karena itu, saat kita terkejut untuk hal yang menyenangkan jangan lupa untuk bersyukur kepada Allah dan tetap selalu berikhtiar. Sedabgkan jika kita terkejut untuk hal yang menyedihkan selalu memohon ampun kepada Allah dan harua tetap berikhtiar menggapai rida Allah.

    ReplyDelete
  60. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Belajar adalah terkejut, terkejut adalah bentuk awal dari ketidaktahuan yang menempati posisi sebelum kejadian menempati tahtanya. Seiring dengan perjalanan memaknai kehidupan, terkejut pada awalnya bisa menjadi suatu kondisi yang menakutkan jika naluri menempatkannya pada posisi yang ditakuti. Ternyaya terkejut adalah pembelajaran diri, memberikan kesadaran dan pemahaman serta mengingatkan bahwa kita
    adalah manusia yang tidak pernah luput dari kesalahan. Dari terkejut, sepatutnya kita sudah bisa memprediksi sebagai persiapan keterkejutan-keterkejutan yang selanjutnya dengan cara belajar. Dengan belajar sebagai amunisi senjata di medan kehidupan setelah-setelah dari sekarang.

    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  61. Hanifah nabila hendral
    S2 PEP A 2019
    19701251003
    Assalamualaikum
    Kejutan adalah segala yang menimbulkan kaget. Kejutan juga berarti gunjangan. Kejutan adalah segala yang munculnya tiba-tiba dan tidak diduga sebelumnya. Kejutan adalah pembangkit gerakan listrik. Kejutan adalah perubahan dalam lakuan secara tiba-tiba dan tidak terduga sehingga lanjutan cerita tidak sesuai dengan dugaan pembaca

    ReplyDelete
  62. Hanifah nabila hendral
    S2 PEP A 2019
    19701251003
    Assalamualaikum
    Terkejut bisa berdampak positif dan negatif. Terkejut positif : terkejut mendapat rezeki yang tidak terduga-duga. Terkejut negatif: terkejut kalau tugas kuliah yang seharusnya dikumpulkan hari ini namun tertinggal di rumah.terkejut bisa potif dan bisa negatif : terkejut karena gempa dan kita tidak bisa kemana-kemana, kita hanya bisa berdoa dan berserah diri kepada Allah. Walaupun terkejut ini berdampak kita yang panik dan ketakutan, namun positifnya kita bisa mengingat Allah

    ReplyDelete
  63. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C
    Terkejut. Terkejut seringkali menimbulkan perasaan berdebar-debar pada diri manusia, baik dikejutkan oleh hal baik maupun hal yang dirasa kurang baik. Terkejut memberikan dampak yang postif dan negative, itu semua tergantung pada bagaimana sikap kita menghadapi suatu kejadian yang mengejutkan tersebut. Memilih untuk pasrah setelah lelah mengusahakan dan senantiasa berdoa pada yang maha kuasa adalah hal yang terbaik yang dapat dilakukan oleh manusia. Pasrah dan berserah.

    ReplyDelete
  64. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Saya juga terkejut karena ternyata banyak pemaknaan pemaknaan terkejut yang tidak saya sadari. Tetapi melalu paparan ini, pikiran saya menjadi terbuka bahwa banyak hal hal yang terjadi dan tidak disadari. Terimakasih untuk Bapak Prof. Marsigit karena sudah membuat karya yang membantu saya dan semua orang untuk lebih memaknai sesuatu hal dengan baik dan berpikiran secara filsafat. Terima kasih.

    ReplyDelete
  65. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Terkejut adalah akibat dari adanya suatu kejutan, bisa menyenangkan, bisa juga tidak menyenangkan (menjengkelkan). Bisa positi, bisa pula negatif. Terjadi karena adanya hal di luar kebiasaan, baik disengaja maupun tidak disengaja. Terkejut sangat beragam, tergantung subjek, objek, konteks, penyebab, dampak, skup, bidang, dan sebagainya. penyebutannya pun demikian. Maka, hal semacam terkejut pun tidaklah sesederhana dan "biasa-biasa" saja sebagaimana banyak dianggap orang, melainkan sesuatu yang bisa sangat kompleks dan "luar biasa" kajiannya.
    Demikian dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  66. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Berdasarkan uraian di atas, disebutkan bahwa “Terkejut Matematika yaitu Catastrophe Theory”. Secara bahasa, katastrofi berarti perubahan cepat atau mendadak pada permukaan bumi. Sedangkan dari sudut pandang keilmuan, beberapa ahli mendefinisikan katastrofi sebagai teori singularitas yang menjelaskan fenomena diskontinu yang diakibatkan oleh sebab-sebab kontinu (Whitney 1955). Teori katastrofi adalah suatu koleksi dari definisi-definisi dan teorema-teorema yang merupakan bagian dari teori singularitas yang berkaitan dengan perubahan bentuk geometri diferensial atau perubahan keadaan (Thom 1972). Teori katastrofi adalah suatu metode yang digunakan untuk mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan transisi lompatan, jump transition, hal-hal yang diskontinu, dan perubahan kualitatif secara mendadak (Arnold 1979).

    ReplyDelete
  67. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Dapat disimpulkan bahwa dari katastrofi teori secara hakiki memberikan gambaran keterkejutan atau perubahan kecil yang berkelanjutan dapat mengakibatkan perubahan yang besar atau signifikan pada keadaan yang ada. Tentu saja hal ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita, dalam situasi apapun.

    ReplyDelete
  68. Jupriyanto
    19706261006
    Pendidikan Dasar, S3

    Assalamualaikum...Terkejut ketika menghadapi hal baru tetapi tidak siap. Keterkejutan seseorang akan membawa dampak perubahan dan persiapan. Bencana alam tidak bisa dihindari tetapi bisa ditanggulangi, akan tidak terkejut. "aja kagetan". Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  69. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terkejut merupakan mindset/ pola pikir. Sebab, hal yang umumnya membuat kita terkejut adalah kejadian yang tidak terfikirkan dan tidak diperhitungkan sebelumnya. Bukan hanya manusia, tapi semua mahluk hidup di alam semesta. Terkejut bisa saja positif dan juga negatif. Kita sebagai mahluk paling sempurna dimuka bumi, harus bijaksana dalam mengelola mindset kita terkait hal ini. Sehingga, apapun bentuk dari “terkejut” tadi, kita dapat bijaksana dalam memaknainya dan legowo dalam menerimanya.

    ReplyDelete
  70. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Setelah saya membaca artikel di atas, saya memaknai kata terkejut adalah suatu respon yang terjadi karena yang bersangkutan tidak memilik kesiapan dan tidak menyangka akan terjadi sesuatu hal. Kejutan terbaik berasal dari Allah SWT, mungkin tidak akan pernah menyangka, tapi harus tetap percaya bahwa segala hal kejutan adalah berasal dari-NYA. Maka dari itu kita harus selalu siap dengan segala kemungkinan kejutan yang akan terjadi.

    ReplyDelete
  71. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Terkejut pendidikan pasti sering dialami oleh tenaga pengajar khususnya guru. Karena dalam mengajar guru harus bisa menerapkan dan menyesuaikan metode yang tepat untuk mengajar siswa siswanya sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Memang bukan hal yang mudah, tapi ini memang sudah menjadi tantangan wajib bagi seorang guru demi menjadikan anak didik yang berpengetahuan dan mampu bersaing dengan yang lainnya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  72. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Terkejut gunung dan terkejut laut ini yang berbahaya. Gunung meletus dan tsunami adalah bencana alam yang tidak bisa dihindari karena memang proses alami dari alam dan bukan campur tangan manusia. Oleh karena itu melihat hal yang demikian kita harus selalu berdoa kepada Tuhan agar diberi perlindungan dan keselamatan, terhindar dari segala marabahaya dimanapun, kapanpun dan siapapun. Amin. Terima kasih.

    ReplyDelete
  73. Dea Armelia
    19709261072
    S2 Pend. Matematika D 2019

    Dengan beberapa pemaknaan dari kata terkejut dari berbagai subjek, objek, situasi, dan kondisi tertentu, itu semua agar membuat kita untuk harus belajar untuk bersikap mawas diri, waspada dan fleksibel, karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Segala sesuatu itu serba bisa terjadi. Jangan pernah meremehkan sesama. Bersikaplah secara wajar dan bijak.

    ReplyDelete
  74. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Duden Saepuzaman
    NIM. 19701261008
    S3 PEP 2019

    Berdasarkan pemaparan prof diatas, nampaknya definisi terkejut akan lebih tepat jika terkejut dikaitkan dengan pasangan atau bidangnya..artinya defnisi spesifik terkejut akan lebih mudah dibuat definisi operasionalnya apabilajelas terkejut dalam hal apa....definisi yang dipaparkan prof diatas menyadarkan saya untuk lebih menambah perspektif, pandangan ataupun persepsi terhadao sesuatu sebelum dijelaskan....sehingga menjadi lebih luas perspektifnya...Terima kasih pencerahannya prof...

    ReplyDelete
  75. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019
    Sangat menarik membaca makna terkejut dalam berbagai situasi. Makna terkejut dapat bernilai positif maupun negatif tergantung ruang dan waktu yang kita gunakan dalam memaknai arti kata “Terkejut” itu sendiri. Secara keselurahan, terkejut merupakan situasi yang tiba-tiba terjadi dan di luar dugaan.

    ReplyDelete
  76. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terkejut dalam kehidupan ada yang berdampak positif ada pula yang berdampak negatif. Dalam dunia pendidikan, agar guru tidak terkejut maka metode pengajaran yang akan dilakukan haruslah dipersiapkan sampai matang, sehingga hal ini juga tidak akan membuat murid terkejut pula. Pelajaran yang dapat saya ambil adalah apapun yang akan kita lakukan lebih baik apabila dipersiapkan terlebih dahulu, sehingga dapat mengurangi efek terkejut yang mungkin akan terjadi.

    ReplyDelete
  77. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Tulisan Prof ini membuat saya tersenyum dan tertegun sendiri. Bahwa sejatinya terkejut itu bisa di tinjau dari berbagai aspek, tergantung dari point of view mana yang akan digunakan. Tulisan ini sedikit mengubah sudut pandang saya dengan kata “terkejut”.

    ReplyDelete
  78. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019

    Dari penjabaran di atas banyak hal yang bisa kita pahami dari sebuah kata terkejut, ada yang bermakna baik dan ada yg bermakna kurang baik. Dari makna terkejut menurut penjabaran bahas Jawa, kita bisa mengartikan bahwa terkejut bisa di artikan kaget atas sesuatu hal yang terjadi dalam hidup kita atau bisa juga terkait fenomena alam yg kita hadapi. Dalam menjalani hidup kita harus menjadi manusia yg terbuka dan siap atas segala kemungkinan yang akan terjadi dalam hidup kita, baik itu kemungkinan baik maupun kemungkinan buruk

    ReplyDelete
  79. Setelah membaca tulisan ini, saya termasuk salah satu kategori orang yang terkejut karena awalnya tidak tahu bahwa ternyata "terkejut" bisa dijabarkan sedemikian luasnya. Dari penjabaran ini, dapat disimpulkan tidak hanya "terkejut", setiap kata yang ada dapat dijabarkan atau diuraikan maknanya secara luas. Saya berharap bisa mengikuti pernyataan "aja gampang gumunan", dalam konteks terkejut ini semoga saya pribadi dan kawan-kawan tidak mudah terkejut.

    Ikhsanudin (PEP-S3/19701261001)

    ReplyDelete
  80. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019


    bismillah, kita maknai bahwa terkejut memiliki makna yang beragam berdasarkan persepsi masing-masing yang merasakannya. Rekasi ini merupakan sesuatu yang lumrah dan juga sering kali kita merasakannya. Contohnya Terkejut iptek : dalam era revolusi 4.0 masyarakat dituntut mampu dan paham dalam iptek,Namun menurut survei LIPI terdapat 54 % dari 1.829 responden di 10 kota di Indonesia kurang paham isu-isu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Dan ini membuat masyarakat akan terkejut jika mendapat isu isu mengenai iptek, ada yg menanggapi secara antusias dan mencari sumber kebenaran, biasa aja dan yang paling berbahaya jika menanggapi tanpa ada mencari sumber dari mana isu itu berasal hingga menimbulkan HOAX.

    ReplyDelete
  81. Muh. Asriadi AM
    19701251008
    PEP A 2019
    Dari artkel ini saya mendapatka makna dar kata terkujut. Terkejut, berarti apa yang diluar perkiraan, diluar perhitungan karena ketidak siapan, ketidaktahuan, ketidaksengajaan, diluar proses syaraf sadar manusia. Berbagai penyebab terkejut dari berbagai aspek. Terkejut dapat terjadi salah satunya karena tiba-tiba atau diluar espektasi, dll. Ekspresi dari terkejut juga banyak dan melibatkan berbagai indra manusia diantaranya indra penglihatan, pendengaran. Terkejut masyarakat artinya penyebab disorientasi atau kerusakan. Ketika masyarakat terkejut terhadap isu sosial, maka, akan ada disorientasi. Oleh karena itu, penyebab kesalahpahaman ini harus diminimalisir dengan komunikasi yang baik.

    ReplyDelete
  82. Nani Aprilia
    19701261016
    S3 PEP

    Terkejut adalah suatu kondisi dari ketidaksiapan kita menerima suatu stimulus yang diberikan orang lain. berteriak, menggerakkan tangan ke dada, memukul dan latah meruoakan ekspresi dari seseorang yang terkejut. terkejut bisa disebabkan karena informasi yang berasal dari media sosial, surat kabar atau media -media yang menyebarkan informasi. masyarakat yang terkejut dengan informasi yang tidak benar melalui media sosial menyebabkan disorientasi sehingga meninbulkan pehaman yang salah. sehingga agar kita terhindar dari keterkejutan yang sangat makan sebaiknya jika kita memperoleh informasi sebaiknya melkukan tabayun terlebih dahulu agar dalam menyingkapi keterkejutan terhadap informasi yang disenangi atau tidak bisa kita terima dengan baik dan ikhlas.

    ReplyDelete
  83. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terkejut atau kaget merupakan hal yang wajar dan seringkali dialami oleh seseorang yang berada pada keadaan tidak siap. Terkejut dapat membawa ke arah yang positif dan negatif. Membawa ke arah positif misalnya berupa kejutan inovasi yaitu akan menyebabkan ketertarikan atau termotivasi untuk mencoba bahkan mengembangkan inovasi lainnya. Sedangkan terkejut yang membawa arah negatif yaitu misalnya adalah berupa bencana atau dapat menyebabkan rasa trauma.

    ReplyDelete
  84. Yogi Ageng Sri Legowo
    19706261008
    S3 Pendidikan Dasar 2019
    Assalamualaikum.
    Terkejut berarti terjadi di luar prediksi atau berjalan tidak pada umumnya. Namun dalam belajar, kita juga perlu terkejut, yaitu memperoleh pengetahuan yang belum pernah kita peroleh. Semakin banyak terkejut, berarti semakin banyak hal baru yang kita ketahui, sehingga semakin berpengatahuan kita, maka kita tidak akan gampang terkejut. Tingkat keterkejutan kita sebanding dengan tingkat kedudukan kita. Seorang daksa akan terkejut dengan ilmu dewa, namun seorang dewa akan sulit dikejutkan oleh seorang daksa.

    ReplyDelete