Sep 25, 2017

*TERKEJUT*



Oleh: Marsigit UNY

*Mbilung*:
Apakah makna _terkejut_ Mar? Baik atau buruk?

*Semar*:
Yang terkait dengan kata terkejut, misalnya: _suka kejutan, terapi kejut, redam kejut, teori kejutan, tiba tiba, sekonyong konyong, dsb_.

*Semar*:
E... berikut aku berikan contoh.

*Terkejut Jawa*:
_aja gampang gumunan, mak bedunduk, ujug ujug, gege mangsa, tanpa sraba sraba_.

*Terkejut Jawa Ngapak*:
_icir icir, ujug ujug_ .

*Terkejut Ekonomi*:
_disruptive theory, shock therapy_.

*Terkejut Matematika*:
_Catastrope Theory_

*Terkejut Politik*:
_the sock doctrine_.

*Terkejut Anak Muda*:
_kejutan ulang tahun, kejutan bikin heboh, kejutan untuk sensasi_.

*Terkejut Filsafat Jawa*:
_aja nggege mangsa_.

*Terkejut Orang Tua*:
_terkejut berakibat serangan jantung_.

*Terkejut Psikologi*:
_kejutan itu menyadarkan, kejutan itu menyembuhkan, tetapi kejutan juga bisa membuat sakit, terkejut berarti tidak sehat, terkejut itu bukan zona nyaman, terkejut berarti deviasi, kejutan berarti aneh, terkejut itu tidak biasa, terkejut berarti tidak siap, terkejut berarti tidak tahu_.

*Terkejut Komunikasi*:
_terkejut itu berarti ada missing link, terkejut berarti komunikasi yang tidak sehat_.

*Terkejut Kontemporer*:
_kejutan itu inovasi, teori kejutan yaitu kalau sudah terkejut menjadi mudah dimasuki gagasan atau ide_.

*Terkejut Elektronik*:
_kejutan berarti rusaknya alat kelistrikan_.

*Terkejut Masyarakat*:
_terkejut itu penyebab disorientasi_.

*Terkejut Birokrasi*:
_jika pemimpin terkejut maka yang dipimpin mengalami disorientasi, pemimpin terkejut berarti bawahan kurang laporan, yang dipimpin terkejut berarti pemimpin kurang sosiaĺisasi_.

*Terkejut Pendidikan*:
_guru terkejut berarti metodè mengajarnya perlu diperbaiki, murid terkejut berarti metode mengajar guru perlu diperbaiki_.

*Terkejut Keluarga*:
_isteri terkejut berarti suami tidak terbuka dan sebaliknya, orang tua terkejut karena tertinggal teknologi, anak terkejut karena orang tua kurang beres_.

*Terkejut Rezeki*:
_terkejut berarti gambling, terkejut berarti kurang bersyukur atau sebaliknya_.

*Terkejut Doa*:
_terkejut berarti godaan, terkejut berarti tidak khusyuk_.

*Terkejut Perang*:
_serangan kejutan bisa melumpuhkan musuh_.

*Terkejut Perjalanan*:
_pertanda hambatan_

*Terkejut Pekerjaan*:
_dimutasi atau dipecat_

*Terkejut Tidur*:
_jika tidur terkejut bisa karena capai atau rangsangan syaraf_.

*Terkejut Syaraf*
_kram_

*Terkejut Bangsa*
_tidak ada bangsa terkejut, yang terkejut itu pemimpinnya_.

*Terkejut Rakyat*
_demonstrasi_

*Terkejut Gunung*
_meletus_

*Terkejut Laut*
_tsunami_

*Terkejut Temanten*:
_mempelai baru terkejut.... wah gawat_.

*Terkejut Melahirkan*:
_tak usah melihat isteri melahirkan, cukup dampingi sambil berdoa_

*Terkejut WA*
_jujur dan terbukalah kepada isteri atau suami_

*Terkejut Bencana, Musibah, Kematian, dll*
_agungkan asma Alloh SWT_

*END*

132 comments:

  1. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 Pend.Mat C 2017

    Terkejut itu kaget, kaget itu terkejut. Segala sesuatu yang menimbulkan kekagetan adalah kejutan.
    Selama ini orang beranggapan bahwa kejutan hanya identik dengan sesuatu yang menggembirakan (misal kejutan ulang tahun yang paling umum), kejutan hanya identik dengan suara/tindakan yang mengagetkan.
    Menurut saya pribadi, kejutan adalah apa-apa yang terjadi di dalam hidup kita yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Dan seringnya yang tidak sesuai dengan ekspektasi itulah yang membuat kita kecewa. Dan meskipun mengecewakan, itu tetaplah kejutan.
    Contoh. Suatu hari kita berekspektasi bahwa ujian akan berjalan lancar, presentasi tugas akan berjalan dengan baik, tidak terlambat karena datang lebih awal. Sayangnya tidak selamanya apa yang kita ekspektasikan dapat terealisasikan. Kenyataannya semua terbalik. Ujian tidak bisa mengerjakan, presentasi berantakan, terlambat karena macet. Hal-hal inilah yang merupakan kejutan. Kejutan kadang terjadi karena ekspektasi yang kita buat sendiri.
    Saat ulang tahun misalnya, kita berekspektasi bahwa semuanya biasa-biasa saja (tidak berekspektasi bahwa akan ada perayaan dan semacamnya), ternyata teman/keluarga datang untuk memberikan kue. Karena tidak sesuai dengan ekspektasi maka kita terkejut.
    Hidup penuh kejutan, yang sering kali tidak menyenangkan. Hidup penuh kejutan, maka lalui dengan bahagia setiap kejutan dari Nya. Nikmati dan syukuri setiap proses. Setiap hari adalah kejutan.

    ReplyDelete
  2. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Menurut saya satu kata "terkejut" memiliki arti yang bersifat majemuk. Tentunya pemaknaannya juga tergantung pada suatu objek atau bidangnya masing-masing. Makna yang diberikan meskipun bersifat positif (seperti kegembiraan, surprise ulang tahun) ataupun negatif (seperti khawatir, musibah, ataupun rasa sakit lainnya) dikembalikan lagi pada pemberi rasa tersebut, yaitu Allah SWT. Saya menyadari bahwa setiap perasaan positif dan negatif tentunya ada makna yang lebih mendalam. Bahkan kita dapat mengucap rasa syukur atas kejadian yang membuat kita "terkejut". Kosa kata saya menjadi semakin bertambah mengenai makna terkejut dari berbagai lingkup melalui tulisan ini. Oleh karena itu, setiap kata yang diucapkan perlu dicari tahu makna sesuai dengan konteksnya agar tidak terjadi kesalahpahaman atau salah dalam mempersepsikan kata.

    ReplyDelete
  3. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari dialog ini yang kami pahami adalah terkejut adalah suatu kondisi yang tidak sesuai atau belum sesuai dengan yang ada pada pikiran kita dengan kata lain terkejut mungkin terjadi ketika kita menghadapi suatu kontradiksi. Jika kita menghadapi suatu kejutan atau kontradiksi yang cukup berat, maka lebih baik kembalikan kepada Tuhan YME, berserah diri kepada-Nya

    ReplyDelete
  4. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih pak, setelah saya membaca wacana di atas saya jadi dapat menyimpulkan ternyata ada banyak makna berbeda dibalik kata “terkejut” tergantung apa dan bagaimana kondisiya. Kita bisa menyesuaikan “terkejut” yang dimaksud ada pada aspek/konteks apa tergantung bagaimana kita pribadi memandangnya dan memaknainya.

    ReplyDelete
  5. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Terkejut berasal dari kata dasar kejut. Terkejut memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga terkejut dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Seseorang mengalami hal terkejut berarti dia belum dalam posisi siaga atau bersiap diri. Begitu juga seotang guru yang terkejut ketika masuk kelas dan mengajar berarti guru tersebut belum siap untuk mengajar, bisa saja tidak mempersiapkan materi dan perangkat pembelajaran ketika akan melakukan proses pembelajaran. Maka dari itu guru harus selalu mempersiapkan segala keperluan dalam mengajar agar dapat menguasai keadaan dikelas selama proses pembelajaran berlangsung.

    ReplyDelete
  6. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP Kelas B 2017

    Ternyata kata "terkejut" banyak sekali maknanya dari berbagai aspek hingga fenomena alam. Dapat saya simpulkan bahwa terkejut merupakan suatu keadaan seseorang atau benda atas ketidaksiapan atau ketidaktahuan dalam menerima sesuatu yang sedang terjadi. Beberapa faktor mengapa 'terkejut' bisa terjadi, satu diantaranya yaitu kurangnya informasi atau pengetahuan seseorang terhadap apa yang akan terjadi. Saya ambil contoh terkejut dalam sistem pendidikan di Indonesia yang terjadi pada awal tahun 2017 yaitu mulai diberlakukankan nya Full Day School di beberapa sekolah. Indikasi bahwa FDS membuat sistem pendidikan di Indonesia 'terkejut' yaitu timbulnya berbagai persepsi dari guru, siswa, orang tua dan berbagai pakar pendidikan. Persepsi-persepsi yang dibangun secara positif maupun negatif sering dijumpai pada media cetak, elektronik dan media sosial sehingga membuat intensitas 'terkejut' semakin tinggi.

    ReplyDelete
  7. Junianto
    PM C
    17709251065

    Memang benar ilmu filsafat adalah induk dari segala ilmu diamana kebenaran adalah menurut kita sendiri. Dari postigan ini juga menjelaskan bahwa dalam filsafat, definisi suatu kata itu sangat banyak dan berbeda-berbeda tergantung sudut pandang. Kata ‘terkejut’ saja bisa didefinisikan sangat banyak dan berbeda-beda tergantung dari sudut pandang/ ilmu apa kita mau memaknainya. Maka dari itu, belajar ilmu filsafat itu seumur hidup dan meliputi apapun yang ada di dunia ini.

    ReplyDelete
  8. Arina Husna Zaini
    PEP B S2
    17701251024
    Assalamualaikum Wr. Wb
    terkejut, dalam.bahasa jawa biasa disebut kaget. merupakan ekspresi ketika seseorang merespon keadaaan yg sebelumnya tidak disangka oleh pikirannya. terkejut setiap orang pasti pernah mengalaminya namun, terlalu sering terkejut merupakan hal tidak baik. terkejut biasanya berhubungan dengan apa yg namanya heran atau "gumunan" dan sering merasa gumunan itu indikasi seseorang perlu pemahaman lebih tentang kehidupan. jadi menurut saya ketika menghadapi hal yg bisa membuat kaget baiknya bukan berkata "kok iso ngono" tetapi lebih solutif untuk mencari penyelesaian dan pengetahuan. terima kasih

    ReplyDelete
  9. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Terkejut bukan selalu menimbulkan efek positif, namun juga memberikan dampak yang negatif. Sikap terkejut sangat dibutuhkan oleh manusia agar mereka selalu berkembang karena tidak selalu berada pada satu titik. Terkejut merupakan perubahan dari satu titik ke titik lain. Misal yang saya berikan adalah ketika kita tidak mengetahui sesuatu yang keren, maka ketika kita tahu, kita akan terkejut. Dengan adanya sifat terkejut tersebut maka kita berubah dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. Jadi, jika tidak ada sifat terkejut, dunia ini akan terasa flat saja tanpa adanya hal yang membuat manusia berkembang.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  10. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Yang menarik bagi saya adalah *Terkejut Kontemporer*:_kejutan itu inovasi, teori kejutan yaitu kalau sudah terkejut menjadi mudah dimasuki gagasan atau ide_. Ini bisa dijadikan landasan teori untuk perkembangan proses pembelajaran yang efektif. Kemudian *Terkejut Pendidikan*:_guru terkejut berarti metodè mengajarnya perlu diperbaiki, murid terkejut berarti metode mengajar guru perlu diperbaiki_. Ini menggambarkan bahwa murid tidak pernah salah, hanya saja cara atau metode mengajar yang digunakan belum sesuai dengan karakter mereka.

    ReplyDelete
  11. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Berdasarkan postingan Prof Marsigit di atas, saya menyimpulkan bahwa keterkejutan dapat menjangkit kepada siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Hal ini berarti terkejut adalah suatu kewajaran. Artinya seseorang bisa saja atau boleh saja terkejut. Hanya saja harus dilatih shock terapi, keterkejutan yang terjadi harus ditanggulangi secara bijak. Ambil contoh dari artikel di atas, seorang pemimpin yang terkejut dapat ditafsirkan bahwa ia tengah mengalami disorientasi. Keterkejutan ini tentu dapat menyerang pemimpin manapun,. Hanya saja yang membedakan ialah bagaimana pemimpin dan struktur birokrasi yang dimilikinya menghadapi keterkejutanitu. Disorientasi yang dibiarkan terus-menerus tentulah tidak baik. Pelu dirumuskan slternatif solusi atau solusi tentatif untuk menyelesaikannya. Setiap masalah yang menghampiri sisi kehidupan seseorang meminta solusi sebagai tumbalnya. Solusi macam apa yang akhirnya diambil sangat bergantung pada pengalaman atau bahkan struktur keilmuan yang dimiliki orang tersebut. Ibarat hendak berperang tentu kita harus mempersenjatai diri dengan senjata selengkap-lengkapnya sehingga lkita dapat menghadapi segala kemungkinan yang bisa muncul. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  12. Stelah membaca postingan Prof Marsugut ini, saya kembali teringat wejangan dari seorang ustadz bahwa "urip nang dunyo kui ojo kagetan, ojo gumunan" artinya bahwa kita hidup di dunia ini tidak boleh menjadi orang yang gampang terkejut atau orang yang gampang terkesima.Semua yang terjadi biarpun secara lahiriah menjadi sesuatu yang tidak dapat kita bayangkan sebelumnya, sejatinya semuanya itu berjalan sesuai ketentuan atau takdir Allah SWT. Sehingga jika semua orang dapat memakai prinsip tersbut, insya Allah dapat lebih lihai dalam menjalani hidup. Karena semua yang terjadi, semua yang dilakukan berdasarkan keikhlasan dan tawakkal pada Yang Maha Esa. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  13. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Kata kejutan biasanya juga dalam bahasa inggris diartikan sebagai surprise.Kabanyakan orang juga memaknai kejutan sebagai rasa kaget,takut, deg-degan dan terjadi secara spontanitas tanpa diduga-duga.Setelah membaca postingan bapak,akhirnya saya menyadari bahwa terkejut itu mempunyai tempat dan porsinya masing- masing dalam aktivitas kehidupan sehari.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  14. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Dari kata “ terkejut” banyak sekali makna dari kata tersebut tergantug kontek dalam suatu keadaan. Terkejut dapat terjadi dalam dua kondisi yaitu terkejut yang positif dan terkejut yang negatid, terkejut yang positif dapat memberikan ati yang menyenangkan atau membuat kebahagiaan, namun untuk kata yang bersifat negatif dapat bermakna suatu keadaan yang membuat kesedihan, kekhawatiran dll. Dari kata tersebut dapat diartikan bahwa arti kata terkejut banyak sesuai dengan sudut pandang dan keadaan. Filsafat adalah ilmu yang dipelajari seumur hidup dan filsafat adalah diri sendiri, sehingga dari akta tersebut saja terdapat banyak makna tergantug ruang dan waktu serta dalam keadaan dan fenomena tertentu.

    ReplyDelete
  15. Nurika Miftahuljannah
    17709251060
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    Assalamu'alaikum wr. Wb.
    Terkejut merupakan suatu kondisi dimana keadaan yang terjadi tidak sesuai dengan yang ada di pikiran kita. Ketidaksesuaian itu bisa berupa keinginan yang kurang sesuai harapan atau keinginan yang melebihi harapan kita. Misalnya saat ulangan matematika, ketika peserta didik memprediksi bahwa ia akan mendapat nilai 8. Kenyataan yang terjadi ia hanya mendapat nilai 5, maka ia terkejut karena kurang sesuai dengan harapan, tetapi ketika ia mendapat nilai 10, maka ia juga terkejut karena mepebihi harapannya. Namun demikian, kita juga harus berusaha "calm down" ketika terkejut karena saat kita terkejut biasanya dalam berpikir maupun mengambil keputusan sering menimbulkan penyesalan. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang bijak dalam menyikapi kejutan atau saat terkejut. Aamiin.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  16. Riandika Ratnasari
    17709251043
    Pascasarjana Pendidikan Matematika 2017 Kelas B
    Kata "terkejut" memiliki makna yang sangat banyak tergantung keadaannya. kata "terkejut" juga memiliki dampak yang baik dan buruk. Contoh yang berdampak buruk adalah terkejut orang tua : maka akan berdampak pada serangan jantung. Hal ini mengakibatkan orang tua menjadi sakit. Contoh yang bedampak baik adalah
    *Terkejut Kontemporer*:
    _kejutan itu inovasi, teori kejutan yaitu kalau sudah terkejut menjadi mudah dimasuki gagasan atau ide
    Melihat dari sudut pandang dunia pendidikan "guru terkejut berarti metodè mengajarnya perlu diperbaiki, murid terkejut berarti metode mengajar guru perlu diperbaik" dapat diartikan jika terjadi sesuatu didalam proses belajar dan mengajar yang tidak seperti biasanya, maka guru yang harus betanggung jawab dalam mencari jalan keluar agar guru tidak terkejut dan murid tidak terkejuc. Cara yang dilakukan guru adalah memperbaiki metode mengajar yang diterapkan.

    ReplyDelete
  17. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas sharingnya Prof. Begitu banyak makna dari terkejut. Semua tergantung dari subjek terkejut tersebut serta ruang dan waktunya. Jika dirangkum, mungkin terkejut adalah perasaan ketika hal yang tidak diprediksi terjadi baik itu negatif (musibah, dll) maupun positif (pesta kejutan, dll). Tugas kita sebagai manusia kemudian bagaimana menghadapi terkejut tersebut dengan bijaksana.

    ReplyDelete
  18. Istilah terkejut itu multi tafsir. Tergantung dimana kata tersebut ditempatkan. Perbedaan situasi dan kondisi dapat mengubah pengertiannya. Tidak semua hal yang berkaitan dengan kata “terkejut” itu baik, ada juga yang bersifat tidak baik atau buruk.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  19. Dari segi ilmu pengetahuan pun seperti ekonomi, matematika, dan politik, bahkan psikologi ada istilah terkejut pada sub bahasan ilmunya.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  20. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Tergantung apa dan siapa objeknya. Terkejut mengandung objek yang mengikutinya, bukan?
    Terkejut ini. Terkejut itu. Terkejut anu. Terkajut ada. Terkejut ....
    Banyak terkejut. Bahkan pada elegi ini ku dapatkan beberapa terkejut. Berarti di luar sana terdapat milyaran terkejut, bukan?

    Muara dari keterkejutan-keterkejutan kita membawa pada keadaan di mana kita harus menyeimbangkan hidup ini. Dengan menyebut asma Alloh. Bismillah

    ReplyDelete
  21. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    S2 PEP Kelas B 2017

    Terkejut itu satu kata yang memiliki beragam dimensi, dari tulisan diatas saya mengklasifikasikan terkejut ke dalam beberapa dimensi; pertama, terkejut negatif, terkejut negatif adalah saat di mana kejutan menghasilkan masalah yang sudah tidak bisa ditanggulangi lagi. Contohnya: Terkejut Orangtua yang menyebabkan kematian. Kedua, terkejut positif, yaitu terkejut yang dapat meningkatkan produktifitas manusia. Contohnya: Terkejut Kontemporer. Dan yang terakhir adalah terkejut reflektif, terkejut reflektif adalah terkejut reflektif adalah terkejut yang diawali dengan masalah namun dapat diubah menjadi terkejut positif. Contohnya: Terkejut Pendidikan.

    ReplyDelete
  22. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Jujur, saya sangat terkejut bapak dapat menguraikan dan mengklasifikasikan hakikat terkejut dalam bentuk dan konteks yang berbeda-beda. Apakah ini yang dinamakan pendekatan yang filosofis? Apapun itu, apa yang bapak tulis di luar dari apa yang saya pikirkan. Bukan kah terkejut adalah reaksi yang terjadi secara tiba-tiba akibat respon atau aksi yang tak bisa diprediksi sebelumnya? Sungguh saya benar-benar terkejut.

    ReplyDelete
  23. Istilah terkejut bisa jadi adalah penyebab suatu penyakit misalnya pada orang tua yang terkejut yang dapat menyebabkan serangan jantung. Syaraf yang terkejutpun bahkan bisa mendatangkan sebuah penyakit yaitu kram.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  24. Devi Nofriyanti
    17709251041
    Pps UNY P.Mat B 2017

    ikut terkejut dalam membaca blog ini pak. awalnya saya berpikir bahwa terkejut itu bisa jadi bermakna positif. seperti yang bapak jelaskan di kelas bahwa kita tidak bisa melihat hanya dari satu sisi yaitu "baik atau buruk", namun nampaknya dari uraian yang bapak tulis yakni definisi terkejut dari berbagai ruang lingkup, saya mencerna bahwa terkejut itu memiliki arti yang negatif.
    "terkejut" itu saya maknai bahwa sesuatu terjadi di luar ekspektasi saya, mungkin bisa bermakna positif jika kejutannya membawa kebahagiaan, sebaliknya bermakna negatif jika kejutannya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  25. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Terima kasih atas ilmu yang telah diberikan oleh Bapak. Tulisan di atas berisikan filsafat tentang terkejut. Menurut saya pribadi terejut adalah suatu keadaan atau peristiwa ketika mengatahui apa yang tidak sesuai harapan. Bisa harapan baik atau buruk. Misalkan ketika seseorang mendapatakan kejutan ulang tahun, awalnya orang ini menduga tidak ada apa-apa, namun tiba ada kejutan dari temannya miasalnya. Kejutan yang mengalami hal yang tidak sesuai yang buruk yaitu misalkan saat uian terkejut ketika melihat soal yang sangat sulit lagi. Dan masih banyak terkejut yang lain. Sehingga saya teringat nasihat jangan mudah terkejut. Atau hikmah yang bisa diambil yaitu jangan larut-larut dalam keterkejutan, karena itu menunda untuk mengada dan pengada. Maka bolehlah terkejut tapi sesaat saja. Intinya kita harus bergerak dan berjuang terus.

    ReplyDelete
  26. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.
    Dalam postingan kali ini membahas tenteng terkejut. Terkejut dalam berbagai konteks memiliki konsep yang bermacam-macam. Dalam postingan diatas menyajikan percakapan yang menggambarkan sedemikian beragam konsep terkejut dalam berbagai konteks kehidupan. Beberapa contoh terkejut dalam kehidupan :
    1) Seorang ekonom terkejut munculnya olshop, dan gojek yang menggusur pasar tradisional dan ojek pangkalan dalam waktu yang sangat cepat.
    2) Terkejut berbahaya untuk orang tua dan orang berpenyakit tertentu yang bisa menyebabkan kematian.
    3) Kejutan dalam psikologi dapat berupa trauma yang bisa mengubah hidup seseorang secara seketika, dapat kearah baik atau buruk, contohnya perceraian orangtua dapat menghancurkan hidup seorang anak seketika.
    4) Terkejut akan candaaan teman dalam komunikasi menandakan saling tidak mengenal, memahami dan menerima, dapat mengakibatkan miss komunikasi yang mengakibatkan perselisihan.
    5) Terkejut dalam elektronik berarti konslet.
    6) Masyarakat terkejut karena perbedaan kebijakan kontroversial
    7) Pemimpin terkejut berarti tidak ada laporan dari bawahan tentang suatu hal.
    8) Apabila seseorang terkejut disaat berdoa berarti doa nya tidak khusuk.
    9) Terkejut akan serangan lawan dalam perang, berkibat fatal
    10) Terkejut saat dalam perjalanan contohnya bocor ban
    11) Seorang kariawan terkejut saan dipecat
    12) Terkejut saat tidur karena dering jam weker
    Dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Wassalaumalikum wr. wb.

    ReplyDelete
  27. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B (S2)

    Assalamualaikum Wr. Wb

    Terkejut jika di artikan secara umum menurut saya, dimana suatu keadaan tubuh yang kaku / terdiam sejenak ketika melihat atau dalam suasana yang tidak diharapkan atau yang sangat diharapkan. Tetapi jika di artikan dalam seriap situasi/keadaan mempunyai makna yg berbeda2 lagi seperti yang dijabarkan oleh Pak Marsigit.

    ReplyDelete
  28. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Subhanallah begitu banyaknya yang terkait dengan terkejut dan contoh dari terkejut. Yang selama ini saya tahu dari terkejut hanyalah terkejut jika terjadi sesuatu yang diluar perkiraan dan pikiran saja. Ternyata matematika, ekonomi, psikologi, pendidikan, rezeki dan masih banyak lagi hal lainnya yang masing-masing dari itu semua memiliki terkejutnya masing-masing. Begitu kayanya ilmu filsafat memiliki keberagaman makna dan contoh dari setiap hal yang ada di dunia ini. Karena semua yang ada di dunia ini terikat ruang dan waktu. Semoag kita semua selalu mengagungkan asma Allah disetiap waktu, supaya tidak terkejut ketika bencana, musibah, kematian, ujian, dan cobaan menghampiri kita.

    ReplyDelete
  29. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Berdasarkan uraian Bapak di atas, terkejut mengandung banyak makna sesuai konteksnya. Menurut saya terkejut bisa berdampak positif dan bisa berdampak negatif. Orang tua yang terkejut dapat terserang penyakit jantung, tentu hal ini dapat berdampak pada kesehatan, bahkan kematian. Terkejutnya laut dapat menjadi bencana tsunami, terkejutnya gunung bisa menyebabkan gunung meletus. Tentu ini semua adalah dampak buruk dari terkejut. Namun dari terkejut itu dapat menyegerakan kita untuk berubah. Terkejutnya orang tua karena ketinggalan teknologi, tentu akan membuat para orang tua menyediakan waktunya untuk belajar teknologi. Terkejutnya pendidikan akan membuat guru sadar untuk selalu berinovasi dan mengubah metode mengajarnya.

    ReplyDelete
  30. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Makna terkejut berbeda jika dilihat dari berbagai sisi kehidupan. Namun jika saya simpulkan dari percakapan di postingan "Terkejut" ini, terkejut itu merupakan suatu keadaan di luar rencana atau pemikiran sebelumnya atau di luar ekspektasi, dampaknya bisa merugikan bisa juga menguntungkan sesuai dengan sisi mana kita melihat terkejut itu. Sehingga terkejut bisa dibutuhkan, bisa juga tidak dibutuhkan.

    ReplyDelete
  31. Dalam ilmu komunikasi, terkejut bahkan merupakan suatu hal yang buruk, karena itu berarti adanya hubungan yang tidak sehat yang terjadi. Pesan yang disampaikan ada yang hilang.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  32. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Artikel dengan judul terkejut ini menguraikan terkejur dari bermacam-macam sudut pandang. Selain itu terkejut adalah hal yang maknanya tergantung ruang dan waktu. Meskipun makna terkejut disesuaikan dengan ruang dan waktunya, ada beberapa kesamaan mendalam yang dapat kita telurusi dari berbagai contoh di atas. Keadaan terkejut adalah keadaan baru tahu-nya suatu hal, atau mendapati keadaan yang tidak dipresiksi sebelumnya. Namun, penyebabnya bisa beragam, ada yang karena keteledoran, kesalahan teknis namun yang paling sering adalah karena suatu jalinan komunikasi yang tidak berjalan dengan baik. Dalam memandang berbagai hal, tentunya memandang dari salah satu sudut saja kurang bijaksana, oleh karena itu saat membaca artikel ini kita akan belajar memandang suatu hal dari berbagai sudut pandang dan tentunya sesuai dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  33. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Dari percakapan diatas saya memahami bahwa terkejut dapat terjadi dalam berbagai kondisi, dimana masing-masingnya akan menafsirkan sesuatu yang berbeda tergantung bagaimana dan apa kondisinya. Terkejut sebenarnya adalah sesuatu yang terjadi ketika berada diluar perkiraan, diluar perencanaan atau sesuatu yang mungkin terjadi dibalik sesuatu itu. Sehingga bisa dikatakan bahwa terkejut akan berbeda maknanya, tergantung bagaimana penafsiran dan kondisi yang sedang dihadapi seseorang. Maka jika benar-benar mengalami situasi terkejut dan disuatu kondisi yang berat, kembalikanlah semuanya kepada Allah SWT dengan selalu menyebut asma-Nya dan berserah diri.

    ReplyDelete
  34. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Terkejut merupakan suatu respon terhadap stimulus yang secara berlebihan datang dengan tiba-tiba. "guru terkejut berarti metodè mengajarnya perlu diperbaiki, murid terkejut berarti metode mengajar guru perlu diperbaiki". Dalam keseluruhan proses pendidikan disekolah, pembelajaran merupakan aktivitas yang paling utama. Ini berarti bahwa keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada bagaimana proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Pemahaman seorang guru terhadap pengertian pembelajaran akan sangat mempengaruhi cara guru itu mengajar.

    ReplyDelete
  35. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    terimakasih prof, banyak makna terkejut tapi saya tertarik dengan "guru terkejut berarti metodè mengajarnya perlu diperbaiki, murid terkejut berarti metode mengajar guru perlu diperbaiki" Ketidaksadaran akan keterkejutan ini menyebabkan guru menggunakan metode yang sama,dan menyebabkan hasil yang dicapai siswa tidak maksimal. Oleh karena itu dibutuhkan pembenahan ketika terdapat keterkejutan ini.

    ReplyDelete
  36. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Terkejut memiliki dimensi yang berbeda setiap porsi dan posisinya. Namun dibalik itu semua terkejut memiliki dampak sebab akibat yang terjadi. Termasuk dalam proses belajar mengajar terkejut berarti guru mengajar dengan metode yang kurang baik. Sehingga perlu dihilangkan rasa terkejut tersebut. jadi ojo jadi orang yang kejutan.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  37. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dalam artikel yang berjudul "Terkejut", telah dijelaskan berbagai macam analogi dari terkejut untuk settiap aspek kehidupan, baik atau buruk tergantung bagaimana kita menanggapinya. Dari semua analogi yang telah diberikan, saya cukup tertarik dengan arti terkejut dalam bangsa, yang bermaknatidak ada bangsa terkejut, yang terkejut itu pemimpinnya. Pemimpin yang terkejut adalah pemimpin yang tidak dapat mencegah rakyat ny untuk terkejut dalam artikel diatas diartikan "Demonstrasi"

    ReplyDelete
  38. Dalam hal birokrasi pun, ada istilah “terkejut”. Jika atasan yang terkejut berarti bawahan apa yang dikerjakan ada yang kurang, jika bawahan terkejut berarti pemimpin kurang bersosialisai kepda bawahannya. Sudah seyogyanya, hubungan atasan-bawahan harus saling diseimbangkan, guna tercipta keserasian.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  39. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Terima Kasih untuk ilmunya Pak, ternyata terkejut dapat terjadi dimana saja. Secara ilmiah, terkejut merupakan suatu bentuk respon dari tubuh dan perlindungan tubuh terhadap sesuatu yang terjadi di sekitar perespon, dimana tubuh atau psikis tidak mempunyai kesiapan atau kewaspadaan terhadap sesuatu tersebut. Terkejut terjadi karena sesuatu terjadi secara mendadak atau tiba-tiba sehingga perespon tidak siap.

    ReplyDelete
  40. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PM C 2017

    Assalamu'alaikum wr. wb
    terkejut merupakan suatu respon terhadap stimulus yang secara berlebihan datang dengan tiba-tiba tanpa kita duga sebelumnya. terdapat banyak makna dari kata terkejut sendiri sesuai dengan konteksnya, serta efek yang ditimbulkan juga berbeda-beda, ada yang baik dan ada juga yang buruk.

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  41. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Terkejut itu melihat, merasakan, atau mendapatkan sesuatu hal yang diluar dugaan. Terkejut bisa positif dan juga negatif. Dari postingan bapak, makna terkejut sangatlah luas. Sekali lagi, tergantung situasi yang dirasakan sehingga arti terkejut memiliki banyak makna. Saya ingin memberikan contoh makna terkejut yang lain, pada tahun ini sudah banyak usaha ritel yang bangkrut atau tutup akibat minimnya pembeli ofline, itu juga dapat disebut dengan “terkejut globalisasi”.

    ReplyDelete
  42. Latifah Pertamawati
    17709251026
    S2 PM B

    Bismillaah..

    Terkejut. Menurut kaidah penulisan Bahasa Indonesia, kata terkejut berasal dari kata dasar kejut yang mendapatkan awalan ter-. Adapun terkejut, mempunyai makna mendapatkan suatu peristiwa sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba dan di luar pemikiran/ perkiraan. Ternyata kata terkejut bisa diterapkan dalam konteks yang berbeda-beda, mulai dari terkejut Jawa, terkejut anak muda, sampai terkejut bencana. Kembali lagi ke diri masing-masing, mungkin terkejut bagiku berbeda dengan terkejut bagimu. Terkejut bagiku, bukan terkejut bagimu. Sebaliknya, terkejut bagimu, bukan terkejut bagiku. Terkejut banginya pun, belum tentu terkejut bagi kita. Terkejut disini, berbeda dengan terkejut disana. Terkejut disana, berbeda dengan terkejut disini.

    Terkejut kita, bukanlah terkejut bagi Allah. Maha Benar Allah yang Maha Agung.

    ReplyDelete
  43. Dlam pendidikan pun ternyata terdapat ke”terkejutan”. Kita sebagai guru sudah sebaiknya mengetahui apakah kita mengalami ke”terkejutan”, jika iya maka sebaiknya kita perlu memikirkan ide baru metode mengajarnya. Kita juga harus bisa peka terhadap siswa kita, apakah mereka “terkejut” atau tidak, jika iya maka sebaiknya guru harus berfikir ulang tentang metode yang cocok untuk siswa.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  44. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah.
    Terimakasih prof. Marsigit atas tulisan dimana satu kata dapat digambarkan dengan berbagai macam keadaan dan situasi. Segala sesuatu yang dapat kita rasakan melalui panca indera yang berada diluar dugaan dan kuasa kita itulah menurut saya arti kata "terkejut". Terkejut bagi saya, mungkin bukan terkejut bagi kamu, dia, mereka, atau mungkin Sang Maha Pengejut yakni Allah swt. Yang jelas, terkejut dapat kita maknai dengan sesuatu yang positif maupun negatif. Kembali lagi, mungkin terkejut ini negatif bagi saya namun bisa jadi positif bagi orang lain, dan lain sebagainya. Banyak makna dan sudut pandang dengan kejutan apa yang dirasakan oleh setiap individu. Beberapa contoh yang tokoh Semar berikan dari Terkejut Jawa hingga Terkejut Bencana merupakan yang sehari-hari kita temui dan beberapa di antaranya juga telah dirasakan oleh manusia. Ada yang mengganggap nya sebagai suatu keberuntungan atau kesialan, semua tergantung cara pandang dan tingkat kepasrahan diri nya dengan Tuhan. Tahun ini saya terkejut karena saya bisa diterima di UNY. Lebih terkejut lagi ternyata saya diterima pada jurusan yang bukan menjadi prioritas saya yaitu PEP. Namun hal itu saya anggap takdir dan keberuntungan bagi saya karena dari sekian pendaftar saya terpilih menjadi salah satu mahasiswa disini. Selain itu, saya terkejut lagi karena saya bertemu dengan mata kuliah filsafat dan Dosen filsafat yang sebelumnya belum pernah sama sekali saya menjumpai ilmu ini dan dosen sepandai beliau. Sungguh semuanya adalah takdir Allah, dan saya selalu berusaha menikmati setiap alur kejutan yang Dia berikan agar saya tidak mudah puas dan tidak mudah mengeluh atas ketetapanNya.

    ReplyDelete
  45. Gamarina Isti Ratnasari
    Pendidikan Matematika Kelas B (Pasca)
    17709251036

    Terkejut dapat diartikan sebagai suatu respon terhadap stimulus yang secara berlebihan datang dengan tiba-tiba. Terkejut dapat terjadi apabila seseorang tidak siap dalam menghadapi suatu yang dainggapnya sebagai hal yang tidak lazim, tidak diprediksi sebelumnya, atau hal yang tidak ada pada rencananya. Sehingga refleksi dari elegi ini adalah bahwa segala sesuatu tindakan, pikiran yang akan kita lakukanharus benar-benar dipikirkan bagaimana dampak yang akan ditimbulkan dari hal terssebut. Agar saat terjadi sesuatu hal yang diluar keinginan kita, kita segera memiliki solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Contohnya dalam pembelajaran ketika seorang guru hany amemiliki satu cara saja dalam menyelesaikan masalah matematika, tentu guru tersebut akan merasa terkejut ketika siswanya menanyakan cara yang diguanakn berbeda dengan yang diajarkan. Sebagai seorang guru akan dirasa terkejut apabila hal tersebut belum pernah dipelajari yang nantinya akan menyebabkan guru tersebut tidak mau menerima cara lain dan menganggap cara yang berbeda tersebut adalah cara yang salah. Padahal cara tersebut salah stau cara yang benar. Sehingga hal itu akan berdampak pada siswa dan akan membingungkan siswa.

    ReplyDelete
  46. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    *Terkejut Mahasiswa*
    uang kuliah tiba-tiba naik
    harapan dapet nilai pas-pasan (B) alhamdulillah eh dapet nilai bagus (A):D

    hehe maap pak saya tambahin dari sudut pandang nya mahasiswa .. :D
    Satu kata menjadi banyak arti jika diartikan dari sudut pandang yang berbeda. jika dalam KKBI terkejut hanya mempunyai satu arti yaitu "terperanjat; kaget". maka beda dalam kehidupan sehari hari.
    begitupun yang terjadi pada kejadian kehidupan kita dimana setiap orang bebas mengeluarkan pendapat berdasarkan bukti dan teori masing-masing. jangan mengatakan bahwa pendapat kita sendirilah yang terhebat dan terbenar. karna mungkin mereka berpendapat sesuai dengan bidangnya masing-masing. mari jadi mahasiswa yang cerdas, demokratis, kritis namun tidak anarkis. salam mahasiswa!

    ReplyDelete
  47. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Terimakasih pak atas pencerahannya, saya jadi mengerti bahwa terkejut itu dapat diartikan dengan banyak hal tergantung konteksnya/ sudut pandangnya. Terkejut dapat bermakna positif, namun juga dapat bermakna negatif. Mungkin dapat disimpulkan bahwa terkejut adalah suatu hal yang tidak sesuai dengan kondisi semestinya.
    Sehingga, sudah semestinya bahwa dalam menghadapi/menangggapi suatu hal haruslah dilihat dari berbagai sudut pandang berbeda, agar tidak salah tafsir/makna. Semoga kita semua terhindar dari hal-hal negatif yang dapat merugi.

    ReplyDelete
  48. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Saya mendapati berbagai macam jawaban menarik mengenai terkejut jika dilihat dari berbagai aspek. Namun setelah membaca hingga akhir artikel ini, satu hal yang saya sadari adalah segala kejadian yang tidak diberitahu sebelumnya, adalah suatu kejutan. Jika sudah diberitahu tentunya bukan kejutan namanya. Manusia hanya bisa membaca pertanda, mengantisipasi, mencegah, atau mencoba untuk mengobati.. Namun jika Allah SWT berkehendak, seluruh upaya manusia tidak akan mampu membendung. Tidak hanya peristiwa alam, namun takdir jodoh, maut, rezeki, dan seluruh kejadian di kehidupan kita penuh kejutan.

    ReplyDelete
  49. Dalam keluarga pun ternya ada ke”terkejutan”. Jika suami-istri mengalami keterkejutan berarti kurang adanya sosialisai atau komunikasi diantara keduaya. Orangtua biaanya mengalami gagap teknologi terhadap sesuatu yang baru, mereka cenderung lambat menerima yang baru. Hal ini juga merupakan suatu bentuk keterkejutan. Jika terjadi masalah pada anak yang terkejut dalam hidupnya berarti orangtua yang belum mampu mengarahkan anaknya untuk bagaimana seharusnya hidup. Semoga keluarga kita menjadi keluarga yang terhindar dari keterkejutan.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  50. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Terkejut memiliki banyak arti tergantung dari sudut mana kita melihatnya. Terkejut dapat diartikan sebagai sesuatu yang tidak biasa, sesuatu yang baru. Tidak biasa disini bisa menjadi baik ataupun buruk, bisa menjadi bahagia maupun menyedihkan. Jika pada kondisi yang bahagia maka yang membuat terkejut ialah sesuatu yang menyedihkan. Maka sebagai manusia kita harus belajar untuk cepat menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi yang baru agar tidak mudah dan tidak terus menerus terkejut. Karena itulah kita harus senantiasa mempersiapkan segala kemungkinan yang mungkin terjadi. Dan apabila sesuatu terjadi diluar prediksi kita kita harus meyakininya sebagai kehendak Allah Swt.

    ReplyDelete
  51. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Sesuatu dapat dilihat dari beberapa sisi, dapat menjadi baik dan menjadi buruk. baik buruknya segala sesuatu tergantung dari konteks permasalahan yang ada, seperti yang telah dicontohkan di atas. terkejut dapat menjadi mematikan dan juga dapat menjadi obat bagi seseorang. apabila kita dapat menjadikan hal yang negatif menjadi kekuatan, maka kehidupan akan menjadi lebih baik. dengan demikian penemuan-penemuan baru akan sering muncul. sungguh banyak potensi yang diberikan Allah di Dunia ini.

    ReplyDelete
  52. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Terkejut merupakan sifat alamiah manusia ketika tidak siap terhadap kondisi yang mendadak atau tiba-tiba. Terkejut bisa bermakna positif atau negatif. Terkejut positif misalnya, ketika mendadak mendapat info kalau keterima kerja di lembaga yang diimpikan, tentu akan menjadi senang. Terkejut negatif misalnya ada orang yang mencuri kemudian merasa terkejut karena ketahuan. Pada pembelajaran dikelas juga sering terjadi “terkejut”, misalnya guru terkejut karena siswanya memenangi olimpiade, siswa juga bisa terkejut karena soal ulangan yang dikerjakan tidak sesuai dengan apa yang siswa pelajari. Catatan untuk siswa yang sering terkejut, bisa diantisipasi dengan belajar lebih rajin.

    ReplyDelete
  53. Dalam hal hubungan dengan Allah SWT seringkali bahkan manusia mengalami keterkejutan. Dalam menerima rezeki, manusia kerap “terkejut” hal ini dikarenakan mereka kurang bersyukur dengan apa yang diberika oleh Allah SWT. Semoga kita senantiasa menjadi orang-orang yang bersyukur. Amiin…

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  54. Saat kita berdoa, ada pula istilah terkejut disini yang berarti menunjukan bahwa kita kurang focus pada doa yang kita panjatkan. Kita kurang khusyuk dengan apa yang ingin kita sampaikan kepada Allah SWT. Semua itu tak lepas dari godaan setan yang terkutuk. Semoga kita terhindar dari godaan tersebut. Amiin.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  55. Dampak buruk dari “terkejut” bisa berarti dalam peperangan, yang bila merasakannya maka hancurlah kita, sudah dipastikan akan kalah.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  56. Aksi rakyat yang turun ke jalan untuk berdemonstra bisa jadi adalah bentuk keterkejutan rakyat. Kenapa demikian? Karena rakyat merasa ada yang salah dengan pemimpin dalam menjalankan kuasanya untuk membuat mereka dapat hidup sejahtera dan bahagia.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  57. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih pak, setelah saya memabaca artikel diatas saya bisa memaknai “terkejut” bukan hanya dari satu sisi saja. Selama ini stigma saya mengenaia terkejut hanya berupa terkejut karena perasaan senang. Namun, dari ratikel ini saya pun mengerti bahwa menghadapi kejutan tergantung bagaimana pribadi memandangnya.

    ReplyDelete
  58. Alam pun dapat “terkejut”. Jika kita melihat peristiwa alam seperti tsunami dan gunung meletus. Itu termasuk keterkejutan dari alam akan fenomena yang terjadi pada daerah mereka.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  59. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismilllah
    Terkejut, sama sepert halnya dengan kata membangun, yang prof jelaskan saat perkuliahan, dapat diikuti oleh kata apapun. Dari postingan tersebut dapat diketahui bahwa terkejut memiliki makna yang banyak. Tergantung kondisi dan waktu pada saat terkejut itu terjadi.

    ReplyDelete
  60. Insan A N/PPs Pm C 2017
    Assalamuaikum, sungguh dalam ketika kita berpikir, dari kata terkejut saja sangat banyak memiliki makna. Dari yang sifatnya material (meiliputi bahasa, barang,dan cabang ilmu lain) sampai pada terkejut yang sifatnya spiritual (meliputi terkejut kuasa Allah).

    ReplyDelete
  61. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Saya juga terkejut ketika membaca postingan ini. Begitu banyak makna dibalik kata terkejut yang baru saya pahami karena postingan ini. Terkejut dapat dilihat dari berbagai sudut pandang dan disesuaikan dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  62. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Ternyata banyak sekali macam-macam terkejut. Yang paling menyenangkan adalah terkejut bagian kejutan ulang tahun tentunya, tapi yang baik-baiknya saja. Terkejut WA juga ada ternyata.

    ReplyDelete
  63. Aristiawan
    17710250125
    S2 PEP 2017 B

    Dalam filsafat, satu kata bias memiliki berbagai macam makna, seperti dalam tulisan ini yang mengangkat tema tentang "terkejut". Satu hal yang saya dapatkan dari sekian banyak pelajaran dari tulisan ini adalah bahwa terkejut jika dibuat grafik maka ia adalah titik atau kondisi dimana ia tidak berada pada garis atau alurnya yang normal.

    ReplyDelete
  64. Melihat suatu hal yang mengerikan adalah bentuk suatu keterkejutan yang buruk. Namun yang dilihat belum tentu juga adalah suatu yang buruk. Misalnya saja saat istri sedang melahirkan untuk pertama kali, seringkali sang suami mengalami ke”terkejutan”.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  65. Jika dalam hidup kita menyaksikan bencana, musibah, kematian, dll yang bersifat buruk maka segerahlah Agungkan asma Allah SWT. hal tersebut walau Nampak buruk, namun sesungguhnya itu adalah peringatan bagi manusia, pengingat para manusia untuk selalu ingat pada Allah. Karena se-cinta apapun kita pada sesuatu pada akhirnya akan kembali kepada penciptanya juga.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  66. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Terkejut, ini terjadi ketika kenyataan tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan. Kenyataan tersebut dapat melebihi ekspektasi kita ataupun jauh dari apa yang kita harapkan. Terkejut adalah hal yang wajar terjadi pada setiap orang. Sesuatu yang wajar, dapat menjadi berbahaya ketika kita tidak mengelolanya dengan baik. Misalnya saat tiba-tiba seorang pengusahan terkena penipuan dan semua asetnya hilang, maka dia akan mengalami syok. Itu hal yang wajar, namun saat dia tidak mampu mengelola rasa terkejutnya itu bisa berdampak buruk bisa saja dia menjadi hilang akal karena secara tiba-tiba kehilangan hartanya. Oleh karena itu, saat kita terkejut janganlah berlebihan segera kuasai diri kita dan kemabali memohon petujuk dan perlindungan Tuhan. Terimakasih

    ReplyDelete
  67. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb

    Melalui percapakapan antara Mbilung dan Semar ternyata terkejut juga mempunyai makna. Terkejut merupakan kaget karena kejadian yang terjadi tidak sama dengan hal yang kita pikirkan/perkirakan/harapkan atau tidak sama dengan kejadian yang biasanya terjadi sehingga membuat kaget, tidak siap menghadapi yang terjadi itu. Terkejut biasanya akan terlihat dalam ekpresi wajah dan gerak reflex yang ditampilkan oleh seseorang tersebut. Terkejut dapat terjadi pada siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Bahkan ketika tertidur kita bisa mengalami terkejut, ada suatu ketika pada saat kita tidur kita tiba-tiba saja terbangun, misalnya karena sedang bermimpi buruk. Menurut para ahli, terkejut ini disebabkan oleh kecapean, kurang tidur, akibat mengonsumsi kafein, alcohol sebelum tidur, gangguan tidur, kondisi medis, penggunaan obat, sedang kelelahan serta stress secara emosional, dan sebagainya. Sekian dan terima kasih.

    Wassalamualaikum, wr.wb

    ReplyDelete
  68. Pangestika Nur A
    PEP B- Pascasarjana
    17701251037

    Terkejut ternyata mempunyai berbagai definisi sesuai sudut padang kita melihat. Ketika membaca terkejut birokrasi, saya teringat kembali dengan peristiwa pada kepanitiaan yang lalu. Peristiwa-peristiwa diluar dugaan yang terjadi memang benar dikarenakan pimpinan terkejut karena laporan bawahan kurang lengkap dan bawahan kurang mengerti sosialisasi dan arahan dari pimpinan.

    ReplyDelete
  69. Tulisan yang sungguh menginspiratif, perumpaman-perumpamaan yang dipakai sungguh kreatif disesuaikan dengan keadaan kehidupan manusia. Semoga kita semua memahami berbagai perumpamaan yang dipaparkan tersebut.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  70. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Terkejut lazimnya diartikan sebagai keadaan dimana terdapat suatu kejadian di luar prediksi kita atau dalam bahasa sehari-hari terkejut itu merupakan terjadinya suatu hal yang tidak disangka-sangka. Berdasarkan elegi di atas, terkejut mempunyai definisi masing-masing sesuai dengan ruang dan waktunya. Dengan demikian, terkejut itu relatif. Terkejut juga dapat dimaknai sebagai ketidakmampuan manusia untuk memprediksi semuanya. Jadi manusia itu sesungguhnya lemah dan tidak ada suatu kemampuan pun tanpa pertolongan dari diriNya.

    ReplyDelete
  71. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Seseorang yang terkejut biasanya karena tidak siap dengan situasi yang dihadapi. Biasanya situasi berubah mendadak, tiba tiba.
    Segala sesuatu yang Ada Dan yang mungkin ada adalah potensi, bisa terjadi apapun, kapan pun, di mana pun.
    Maka pentinglah kiranya selalu berjaga terhadap berbagai kemungkinan, namun Juga berpasrah, ikhlas, jika saja terjadi sesuatu yang di luar keinginan.

    ReplyDelete
  72. Terkejut
    Suatu peristiwa yang mendebarkan, siap tidak siap harus dihadapi
    Sebagai mengada yang sudah terpilih


    Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    ReplyDelete
  73. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Dalam kehidupan, terkejut, bisa dipandang sebagai suatu keadaan baru dimana kita tidak tahu menahu atau tidak ada dalam pemikiran kita. Namun seiring perubahan jaman, pasti akan ada suatu hal yang baru, pemikiran baru hal-hal yang baru, yang mungkin kita tidak siap menerimanya. Ole karena hal tersbeut kita harus selalui memperbarui pengetahuan agar tidak mudah terpinggirkan oleh jaman. Agar tidak mudah terkejut dalam mengadapi suatu keadaan.

    ReplyDelete
  74. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Berdasarkan uraian Bapak di atas, diketahui bahwa terkejut memiliki makna yang luas sesuai dengan konteksnya. Terkejut adalah reaksi spontan, dimana sesuatu yang terjadi tidak memliki kondisi yang sama dengan sebelumnya. Terkejutnya seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain, karena setiap orang memiliki persepsi awal masing-masing. Tetapi sebenar-benar terkejut tak lepas dari kuasa Allah, Sang pemberi kejutan. Keadaan kita sekarang tidak sama dengan keadaan sebelumnya dan tidak akan tahu bagaimana keadaan setelahnya. Karena setiap orang akan mengalami terkejut, ketika kita mungkin tidak berada pada posisi siaga atau keadaan yang siap untuk menerima kejutan tersebut. Maka sebagai umat manusia sudah sewajarnya untuk selalu bertawakal dan berserah diri kepada Allah SWT Karena sebenar-benar terkejut adalah keterkejutan yang luar biasa dahsyat dan tidak ada kesiapan diri apabila tidak berpegang pada Allah SWT.

    ReplyDelete
  75. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Setiap hal dapat dipandang dari dua sisi, baik dan buruknya. Begitu pula dengan terkejut, dapat memberi dampak positif dan negatif. Terkejut menandakan adanya ketidakharmonisan akibat sesuatu berada pada ruang dan waktu yang tidak tepat. Hal ini menunjukkan ada sesuatu yang harus diperbaiki. Sebenar-benar orang yang beruntung adalah mereka yang dengan segera menyadari sesuatu yang membuat terkejut dan bergegas untuk mengendalikan melalui perubahan ke arah kebaikan. Semoga kita senantiasa menjadi pribadi yang kritis dan selalu memohon petunjuk dari Tuhan sang maha pencipta.

    ReplyDelete
  76. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Salah satu sikap yang melekat pada diri seseorang adalah terkejut. Sikaf ini memberikan gambaran refleks terhadap kemampuan psikomotorik. Sikaf ini memberikan sebuah dekripsi bahwa manusia hanyalah sebuah pion ciptaan tuhan, karena dengan memiliki sikaf ini kita menyadari bahwa banyak pristiwa-pristiwa yang terkadang membuat kita tercegang bahwa betapa hebatnya semua yang telah diciptkan tuhan yang secara langsung akan membentuk sikap terkejut di dalam diri kita. Namun kita juga harus membuat kontrol diri karena sikap terkejut tidak boleh berlebihan sebab akan memberikan dampak terbentuknya sikap yang disebut dengan “latah”.

    ReplyDelete
  77. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Terkejut adalah keadaan tidak siap atau terdapat miss komunikasi antar satu individu dengan yang lain. Semakin kita mudah terkejut, maka menunjukkan bahwa kita tidak siap menerima keadaan tersebut. Begitupun sebaliknya, semakin kita membuat orang lain terkejut, maka kita telah berlaku menyimpang terhadap mereka. Terkejut ada yang baik ada yang buruk. Terkejut yang baik itu perlu sekali-kali dilakukan agar hidup ini tidak monoton. Namun, terkejut yang buruk tentunya tidak ada yang ingin mengalaminya. Maka dari itu, kita juga tidak boleh menyebabkan kejutan yang buruk bagi orang lain.
    Yang diharapkan adalah kita mudah terkejut yang baik dan tidak mudah terkejut yang buruk. Agar mudah terkejut yang baik, maka kita harus sesallu bersyukur atas segala nikmat yang kita miliki. Sehingga saat menerima kejutan baik kita akan lebih bersyukur lagi. Agar kita tidak mudah terkejut yang buruk, maka kita perlu mempersiapkan diri dengan pengalaman-pengalaman dan menuntut ilmu sebanyak-banyaknya. Agar tidak menjadi orang gagap atau ‘nggumunan’.

    ReplyDelete
  78. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Terkejut terjadi karena sesuatu yang mengagetkan yang tidak biasa menimpa diri manusia. Terkejut bisa berupa hal-hal yang positif dan negatif. Terkejut yang positif berupa kejutan inovasi-inovasi, seperti penemuan-penemuan teknologi mutakhir. Terkejut yang negatif bisa berupa tsunami, dipecat, dan serangan jantung. Dalam pembelajaran, Agar siswa antusias, guru dapat sesekali membuat siswa menjadi terkejut. Contoh: guru menerangkan dengan media video animasi pada pembelajaran geometri. Hal ini dapat membuat siswa menjadi terkejut akan pergerakan animasi dari bentuk-bentuk geometri. Selain itu, Guru dapat menggunakan GEOGEBRA ketika menerangkan grafik fungsi. Ketika siswa terkejut,, akan mudah guru memasukkan ide dan gagasan-gagasan baru. Guru juga sesekali dapat membuat siswa terkejut dengan memberikan reward and punishment.

    ReplyDelete
  79. Metia Novianti
    17709251021
    P.Mat A S2 2017

    Saya rasa, hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya terkejut. Terkejut terjadi ketika kita mengalami kejadian yang tidak diduga atau di luar ekspektasi kita. Setiap orang memaknainya berbeda-beda, tergantung kondisi, persepsi dan lain sebagainya. Terkejut yang merugikan diantaranya dapat berupa bencana alam ataupun siswa yang tidak siap dalam pembelajaran sehingga ia tidak dapat menerima informasi dengan baik dan membuatnya kesulitan dalam pembelajaran. Namun, terkadang terkejut bisa memberi dampak yang baik apabila terkejut itu diarahkan sebagai trigger untuk melakukan sesuatu yang lebih baik. Seperti karena terkejut dengan pembelajaran berinovasi yang diberikan oleh guru, siswa menjadi termotivasi untuk belajar.

    ReplyDelete
  80. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Terkejut merupakan perasaan yang normal dapat terjadi pada setiap manusia. Manusia perlu perasaan terkejut. Manusia tidak bisa terlepas dari perasaan terkejut. Setiap manusia memiliki kadar terkejut yang berbeda-beda. Ada suatu fenomena tertentu yang membuat si A terkejut, namun menurut si B itu biasa saja karena ia sering mengalaminya. Hal ini menunjukkan bahwa rasa terkejut merupakan kondisi ketidaksiapan seseorang dalam melihat, mendengar, atau merasakan suatu peristiwa tertentu. Oleh karena itu, agar manusia siap menghadapi berbagai hal maka seyogyanya ia selalu berdoa dan memohon perlindungan Allah SWT.

    ReplyDelete
  81. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Terkejut jika ingin dilihat dari sisi baik atau buruknya, menurut saya ia memiliki kedua sisi tersebut. Misalnya terkejut akan musibah, ia dapat dipandang menjadi hal baik maupun hal yang buruk. Dari sisi buruknya, bagi orang yang memandang ini sebagi musibah maka ia bener-bener hanya akan menganggap ini sebagai musibah. Namun jika dari sisi baiknya, yaitu ini dianggap sebagi teguran agar manusia segera bertaubat atas segala kesalahan yang telah dilakukan. Jadi kesemuannya itu tergantung bagaimana kita memandangnya.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  82. Junianto
    PM C
    17709251065

    Terkejut bisa diartikan sebagai keadaan yang secara tiba-tiba. Namun dalam artikel ini ternyata makna terkejut itu sangat banyak, bisa dilihat dari sudut pandang positif dan negatif. Seperti halnya ketika kita terkejut akan suatu hal keburukan maka kita langsung mengagungkan asma Allah. Ini merupakan contoh terkejut yang kemudian diikuti dengan kebaikan, tetapi ada juga sebaliknya ketika terkejut karena bencana justru malah mengumpat, dll. Maka dari itu, semua tergantung pada diri kita masing-masing dala memaknainya.

    ReplyDelete
  83. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Terkejut menurut saya adalah sesuatu hal yang datangnya tiba-tiba dan terkadang membuat hati kita berdebar-debar. Terkejut bisa karena hal positif dan negatif. Terkejut dalam hal positif seperti mendapat surprize ketika ulang tahun patut kita syukuri alhamdulillah, namun jika terkejut karna sebaliknya astaghfirullah jangan sampai. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah dan berada dijalan-Nya.

    ReplyDelete
  84. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Janganlah menjadi orang yang sedikit-sedikit terkejut atas apa yang dilakukan atau atas apa fenomena yang baru ditemuinya. Karena pada dasarnya sifat terkejut menandakan kita bahwa kita itu kurang cerdas dalam menyikapi hal yang baru. Jika keterkejutan seseorang itu dimunculkan padahal kejadian yang ditemuinya merupakan hal yang biasa, maka akan tergambar semacam melakukan hal yang bodoh di hadapan diri sendiri maupun orang lain.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  85. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Terkejut adalah suatu keadaan yang membuat kita terkaget-kaget atau suatu keadaan yang tiba-tiba. terkejut dalam hal ini banyak sekali maknanya sesuai dengan pandangan dan perasaan seseorang. dalam terkejut sendiri itu ada yang negatif dan adayang positif. ketika kita menerima suatu hadiah dari orang secara mendadak maka hati kita akan senang dalam keadaan tersebut. namun jika terjadi sesuatu seperti bencana Alam, atau keadaan yang buruk secara tiba-tiba maka secara langsung kita akan berdzikir kepada Allah. dalam suatu keadaan terkejut merupakan suatu keadaan yang tidak siap dari seseorang, baik untuk terkejut posistif maupun negatif. semoga Allah selalu menjaga kita dalam keadaan yang terbaik menurut-Nya. Aamin

    ReplyDelete
  86. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Terkejut memiliki dua sisi yaitu positif dan negatif. Terkejut bisa menjadi sesuatu yang menyadarkan kita. Misalnya terkadang ketika kita tidak menyadari bahwa kita berbuat salah dan tiba-tiba ada yang menegur kita membuat kita terkejut. Maka terkejutnya kita bisa menyadarkan kita bahwa apa yang kita lakukan salah. Tetapi terkejut juga bisa menjadikan tidak sehat. Yaitu ketika seseorang menerima kabar yang menyedihkan ia bisa terkejut hingga membuatnya terkena serangan jantung.

    ReplyDelete
  87. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Terkejut adalah salah satu kata sifat, yang datang secara tiba-tiba. Rasa terkejut merupakan suatu hal yang datang tanpa tertuga dan terkadang sering bertindak diluar kesadaran. Dari tindakan yang dilakukan saat terkejut itu terkadang ada bertindak baik bahkan ada yang bertindak buruk. Dari sikap yang tanpa sadar itulah membuat manusia bisa menilai sifat baik atau buruknya seseorang itu. Bisa saja dengan rasa terkejut, Ia mengingat Tuhan, dan bisa saja dengan terkejut dia mengeluarkan kata-kata umpatan atau cacian.

    ReplyDelete
  88. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Ternyata banyak sekali definisi terkejut dilihat dari berbagai aspek. Dalam dunia kedokteran, terkejut bisa baik, bisa juga buruk. Seperti misalnya orang yang berpotensi terkena serangan jantung, maka terkejut itu tidak baik baginya. Namun ada beberapa kasus dalam dunia kedokteran yang memerlukan kejutan, misalnya orang yang hamper meninggal, diberikan kejutan listrik agar bisa merangsang denyut jantung.

    ReplyDelete
  89. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Sesuatu dapat dilihat dari beberapa sisi, dapat menjadi baik dan menjadi buruk. baik buruknya segala sesuatu tergantung dari konteks permasalahan yang ada, seperti yang telah dicontohkan di atas. terkejut dapat menjadi mematikan dan juga dapat menjadi obat bagi seseorang. apabila kita dapat menjadikan hal yang negatif menjadi kekuatan, maka kehidupan akan menjadi lebih baik. dengan demikian penemuan-penemuan baru akan sering muncul. sungguh banyak potensi yang diberikan Allah di Dunia ini.

    ReplyDelete
  90. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  91. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Terkejut adalah sebuah keadaan dalam diri manusia, apabila manusia itu tidak siap atau menghadapi sesuatu yang tiba-tiba. Dalam artikel ini di bahas lebih jauh tentang terkejut. Terkejut bisa positif maupun negatif. Keterkejutan yang bersifat negatif itu dapat berdampak buruk, maka dari itu kita harus selalu instrospeksi diri, supaya meminimalkan keterkajutan yang terjadi secara negatif. Ketika terkejut manusia akan menunjukkan sifat aslinya. Ketika terkejut dan mengumpat, maka umpatan adalah yang ada di dalam dirinya. Apabila beristighfar, maka istighfar itu adalah di dalam dirinya.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  92. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    saya mengartikan bahwa terkejut adalah kondisi dimana hati dan pikiran kita tidak siap menerima suatu keadaan. seperti yang pernah bapak ceritakan di kelas bahwasanya guru yang terkejut dengan siswanya berarti dia tidak paham dengan siswanya. hal ini mengindikasikan bahwa terkejut untuk ruang dan waktu tertentu memiliki makna yang negatif.

    ReplyDelete
  93. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Saya pun terkejut setelah membaca definisi dari makna “terkejut” ditinjau dari perspektif baik dan buruknya. Ternyata definisi terkejut baik atau buruk itu tergantung dari setiap kejadian atau peristiwa yang menimpa seseorang. Terkejut sebaiknya disikapi dengan sikap yang positif, sehingga berdampak baik bagi diri sendiri maupun orang di sekitar, jangan sebaliknya disikapi dengan cara negatif, karena bisa fatal seperti mengakibatkan serangan jantung.
    Selain dari makna terkejut, hal yang bisa saya ambil dari tulisan Bapak tentang terkejut ini adalah bahwa kita jangan terlalu berpatokan pada satu konsep saja dalam mendefinisikan sesuatu. Misalnya saja definisi sukses, semua orang memiliki definisi sukses yang berbeda-beda, tergantung dengan pencapaian yang diraih. Sebagai seorang akademisi tentunya kita harus mendefinisikan sesuatu sesuai pada tempatnya.

    ReplyDelete
  94. Azamul Fadhly Noor Muhammad
    17706261006
    PPs S3 Pendidikan Dasar Konsentrasi Matematika SD 2017

    Setelah membaca tulisan bapak Prof., tentang "Terkejut" memang sangat menarik. Terlebih jika dilihat dari makna sesuai dengan kondisi, lingkungan, dan pekerjaan dari masyarakat kita. Berbagai macam makna tersebut lebih kepada tindakan yang harus diperbaiki dari seseorang agar lebih baik lagi. Bukan malah menyalahkan seseorang atas rasa terkejut yang kita alami, akan tetapi lebih kepada refleksi kepada diri kita sendiri terhadap apa yang kita lakukan atau apa yang sudah kita perbuat. Makna terkejut sendiri menurut KKBI adalah Kaget; terperanjat; (karena heran). Sedangkan dalam Matematika terkejut adalah Catastrophe Theory. Catastrophe Theory adalah salah satu cabang yang cukup baru dalam ilmu matematika. Teori tersebut biasanya dibahas sebagai pengenalan terhadap teori bifurkasi dan sistem dinamik, dua bidang penelitian yang sangat aktif dalam matematika. Dunia Matematika sendiri baru berkenalan dengan teori ini sekitar tahun 1960 dan teori ini baru dikenal luas para matematikawan sekitar tahun 1970. Teori ini diperkenalkan oleh Rene Thom, seorang matematikawan Prancis, pada Konferensi Matematika Internasional ICM pada tahun 1958. Pada saat itu Thom menerima medali Fields (penghargaan tertinggi dalam bidang matematika yang mungkin dapat dianggap seperti nobel untuk matematika) atas karyanya klasifikasi dari tujuh buah catastrophe dasar.
    Kalau menurut saya bila Hal yang dipelajari dalam catastrophe theory, yaitu dampak dari perubahan yang nyaris tidak dapat dirasakan menghasilkan akibat yang dapat melemparkan suatu sistem yang berperilaku baik menjadi liar.

    ReplyDelete
  95. M. Zainudin
    16701261019
    PEP

    Kata terkejut dapat bermakna ganda. Memaknai tidak dapat dilakukan secara instan

    ReplyDelete
  96. Julialita Muhariani
    15301241004
    Pendidikan Matematika A 2015

    Dari pembahasan mengenai "terkejut" di atas dapat Saya simpulkan bahwa semua yang ada di dunia ini dapat dipandang sebagai sesuatu yang baik ataupun buruk. Namun perlu kita ingat bahwa semua yang kita anggap baik belum tentu baik menurut orang lain, begitu juga sebaliknya, apa yang menurut kita buruk belum tentu buruk di mata orang lain. Oleh karena itu, kita tidak boleh menilai sesuatu hanya berdasarkan satu sisi, karena tidak semua yang terlihat baik pasti baik dan sesuatu yang terlihat buruk adalah buruk. Bisa jadi sesuatu yang kita anggap buruk ternyata memiliki banyak manfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  97. Bayu Widyanto
    15301244010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terkejut Pendidikan*:
    guru terkejut berarti metodè mengajarnya perlu diperbaiki, murid terkejut berarti metode mengajar guru perlu diperbaiki

    Jadi, guru maupun murid yang terkejut perlu adanya perbaikan dalam metode mengajar guru. Selain itu pula banyak hal yang mempengaruhi dalam kegiatan belajar mengajar, bisa jadi guru/murid terkejut karena kondisi guru secara fisik maupun mental belum siap, kemampuan guru dalam mengatur kelas kurang jadi suasana agak ribut, lingkungan kelas maupun lingkungan sekitar sekolah yang kurang mendukung dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  98. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terkejut bisa dilihat dari berbagai aspek tergantung subjek dan bahasan yang dibicarakan. Terkejut cara jawa di tempat saya sama dengan “kaget” dengan berbagai sebab yang melandasi terjadinya hal tersebut. Misal di pukul bahunya dari belakang, di jethorke balon/mercon, dsb. Dari artikel di atas, dapat membuka wawasan dan pandangan bahwa terkejut terjadi bukan karena adanya hal yang negatif, melainkan hal positif pun bisa menyebabkan kita menjadi terkejut.
    Hal yang menarik dan baru saya dengar yaitu mengenai *terkejut matematika* yaitu Catastrope Theory dapat diartikan sebagai malapetaka yang tidak disangka-sangka sebelumnya seperti gempa bumi dan serangan jantung.

    ReplyDelete
  99. Zayan Nur Ansito Rini
    15301241003
    S-1 Pendidikan Matematika I 2015

    Dari pembahasan di atas, saya jadi tertarik untuk mencari tahu Catastrophe Theory dalam pendidikan matematika. Dalam bahasa sehari-hari, catastrophe sendiri berarti malapetaka, musibah. Sehingga terkejut di sini menyiratkan dampak buruk. Kemudian saya jadi bertanya-tanya... adakah terkejut yang berdampak menguntungkan atau minimal tidak berdampak buruk?
    Menurut saya sendiri, terkejut terjadi karena sebuah ketidaksiapan. Dari pengalaman terkejut itu kemudian kita bisa mengambil pelajaran untuk siap menghadapi segala kemungkinan yang ada.

    ReplyDelete
  100. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Tekejut merupakan sikap alami yang dimiliki oleh manusia atas pemberian Tuhan. Dari sikap terkejut tersebut, maka kita sebagai manusia harusnya mampu bersyukur bahwa Tuhan memang luar biasa. Dalam mengagumi keindahan ciptaan-Nya maka kita juga akan merasa terkejut dan menganggap bahwa diri kita tidak ada apa-apanya apabila tanpa campur tangan dari Tuhan. Saya rasa semua orang pasti pernah merasakan terkejut, entah berasal dari hal yang baik ataupun hal yang buruk. Sehingga setiap orang perlu untuk berlatih mengontrol sikap mudah terkejut tersebut. Sama halnya jika terkejut dalam pendidikan seperti diatas, guru terkejut berarti metode mengajarnya yang perlu diperbaiki dan murid terkejut berarti metode mengajar perlu diperbaiki, sehingga agar tidak terkejut dalam pendidikan guru perlu mengontrol jalannya pembelajaran dan memperbaiki metode pembelajaran yang sesuai. Dengan demikian maka kualiatas pendidikan akan memberikan hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

    ReplyDelete
  101. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terkejut dalam bahasa sehari-hari di lingkungan saya biasa disebut dengan “kaget”. Terkejut dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah adanya kejadian yang tidak diduga dan tidak disangka-sangka. Terkejut dapat berupa hal yang baik dan hal yang tidak diinginkan. Misalnya ketika seseorang ulang tahun kemudian mendapatkan kejutan dari orang-orang sekitarnya. Seseorang tersebut pasti akan terkejut, dalam artian terkejut senang atau bahagia. Sedangkan terkejut yang tidak diinginkan, misalnya seorang mahasiswa dalam perkuliahan tidak mempersiapkan materi perkuliahan dengan baik. Kemudian dosen mengadakan kuis. Contoh tersebut merupakan contoh dari “terkejut” yang tidak diinginkan. Dari apa yang sudah ditulisakan oleh Prof. Marsigit saya menjadi penasaran dengan “catastrope theory”. Kalau dari beberapa kamus yang saya baca catastrope diartikan sebagai petaka, bencana dan malapetaka. Lalu apakah terkejut dalam pendidikan matematika selalu diartikan sebagai sesuatu yang buruk. Terimakasih.

    ReplyDelete
  102. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015


    Terkejut adalah kegiatan suka kejutan, terapi kejut, redam kejut, teori kejutan, tiba tiba, sekonyong konyong dan masih banyak lagi. Contohnya yang menarik perhatian saya adalah 'terkejut pendidikan' dan 'terkejut matematika'. Terkejut pendidikan diartikan guru dan murid yang terkejut yang berarti metode mengajar perlu diperbaiki. Sedangkan terkejut matematika menurut Catastrope Theory adalah malapetaka. Saya masih bingung dengan pengertian tersebut. Bagaimana pengertian matematika sebagai malapetaka? Apakah matematika menjadi petaka atau bagaimana?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  103. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    “Terkejut” menjadi hal yang sudah lumrah di Kalangan masyarakat. Sebagian besar orang pasti pernah merasakan sensasi kejut yang timbul akibat hal-hal yang dianggap mengejutkan. Dari artikel bapak saya sangat sependapat pada bagian “terkejut psikologis” yang menyatakan bahwa seseorang yang terkejut itu merupakan akibat dari suatu ketidaksiapan. Untuk mengatasi agar seseorang tidak terkejut dengan suatu peristiwa maka orang tersebut harus menyiapkan diri. Menurut hemat saya, sikap yang tepat agar dapat menyiapkan diri yaitu dengan mempertimbangkan setiap risiko yang mungkin terjadi atas setiap perbuatan yang kita lakukan. Namun demikian, ketika kita melakukan perbuatan-perbuatan yang baik, kita tidak perlu mengharapkan imbalan dari apa yang kita kerjakan.

    ReplyDelete
  104. Endar Chrisdiyanto
    15301244011
    Pendidikan Matematika A 2015
    Terimaksih Prof, artikelnya sangat bermanfaat. Terkejut memiiliki arti yang beragam tergantung dari objek dan subyek yang dibicarakan dalam kondisi yang terjadi. terkejut merupakan keadaan sesorang yang mengalami suatu kejadian yang secara tiba-tiba dan tidak terpikirkan sebelumnya. Keadaan ini terjadi saat sesorang mengalami hal yang tak terduga.

    ReplyDelete
  105. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Dari artikel di atas saya dapat belajar bahwa ternyata ada berbagai macam makna terkejut, yangmana dapat diartikan dalam situasi tertentu sebagai sesuatu yang positif tetapi juga dapat diartikan sebagai sesuatu yag kurang baik. Dalam hal ini terkejut matematika yang mungkin sebagai calon pendidik di bidang matematika harus ikut berupaya menanggulanginya, agar matematika bisa diterima dengan baik.

    ReplyDelete
  106. Puspitarani
    15301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    Terima kasih Bapak, atas artikel yang Bapak bagikan kepada kami.Salah satu sikap yang melekat pada diri seseorang adalah terkejut. Sikaf ini memberikan gambaran refleks terhadap kemampuan psikomotorik. Sikaf ini memberikan sebuah dekripsi bahwa manusia hanyalah sebuah pion ciptaan tuhan, karena dengan memiliki sikaf ini kita menyadari bahwa banyak pristiwa-pristiwa yang terkadang membuat kita tercegang bahwa betapa hebatnya semua yang telah diciptkan tuhan yang secara langsung akan membentuk sikap terkejut di dalam diri kita. Namun kita juga harus membuat kontrol diri karena sikap terkejut tidak boleh berlebihan sebab akan memberikan dampak terbentuknya sikap yang disebut dengan “latah”. Ternyata terkejut itu tidak hanya sebuah ketidak siapan kita dalam menghadapi sesuatu saja, melainkan bisa bermacam-macam. sepeti yang telah Bapak sebutkan, terkejut doa, terkejut gunung, terkejut mantenan, terkejut whatsapp, hingga terkejut melahirkan.

    ReplyDelete
  107. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    Pendidikan Matematika A 2015/S1
    15301241046
    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Terkejut atau dalam kehidupan sehari-hari biasa disebut kaget, dalam islam Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kita tentang prinsip menjaga jiwa dimana Islam melarang segala bentuk perbuatan yang bisa membahayakan jiwa manusia, terlebih lagi jiwa seorang Muslim. Salah satunya adalah larangan mengagetkan dan menakut-nakuti seorang Muslim walaupun dalam keadaan bergurau atau bercanda, seperti menakut-nakutinya dengan senjata tajam atau hewan buas, atau mengagetkan dengan hewan yang menjijikkan atau juga berpura-pura menyembunyikan barangnya supaya ia panik kebingungan, dan lain sebagainya. Maka, perbuatan ini dilarang agama karena mengandung sikap mengganggu dan membahayakan seseorang, apalagi jika orang yang dikagetkannya itu punya penyakit jantung sehingga bisa menyebabkan kematian.

    ReplyDelete
  108. Febriana Putri Hutami
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241007
    Terkejut itu dapat berdampak positif dan dapat berdampak negatif. Terkejut itu dalam bahasa sehari-hari sering disebut “kaget”. Terkejut terjadi karna suatu hal yang terjadi tiba-tiba. Dalam pendidikan pun, dapat terjadi situasi yang menyebabkan siswa maupun guru merasa terkejut. Misal : guru yang terkejut karna perubahan pendekatan dalam pembelajaran. Hal ini dapat menyebabkan guru tersebut gagap, hanya mengikuti alur, tanpa tau dasarnya. Lalu, hal ini akan berdampak pula pada siswa. Guru yang gagap tidak akan maksimal dalam menyampaikan suatu materi. Dan hal ini akan merugikan siswa. Karna sesuatu yang menyebabkan terkejut itu terjadi secara tiba-tiba, ada baiknya dilakukan persiapan-persiapan untuk menghadapi sesuatu yang tak terduga. Sehingga efek negatif dari terkejut dapat diminimalisir.

    ReplyDelete
  109. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Terkejut atau kaget merupakan hal yang wajar dan seringkali dialami oleh seseorang yang berada pada keadaan tidak siap. Terkejut dapat membawa ke arah yang positif dan negatif. Membawa ke arah positif misalnya berupa kejutan inovasi yaitu akan menyebabkan ketertarikan atau termotivasi untuk mencoba bahkan mengembangkan inovasi lainnya. Sedangkan terkejut yang membawa arah negatif yaitu misalnya adalah berupa bencana atau dapat menyebabkan rasa trauma.

    ReplyDelete
  110. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Mamtematika A 2015

    Terimakasih prof atas apa yang sudah prof sampaikan melalui tulisan ini. ternyata banyak makna dari terkejut, dan itu tergantung dati kontennya terkejut dalam hal apa. mungkin karena saya dari pendidikan, saya menyoroti tentang terkejut pendidikan yaitu "guru terkejut berarti metodè mengajarnya perlu diperbaiki, murid terkejut berarti metode mengajar guru perlu diperbaiki" sebagai calon guru, saat guru atau siswa mengalami terkejut(dalam artian negatif) dalam suatu proses pembelajaran, maka sebagai guru harus memperbaiki metode/cara mengajarnya agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik lagi.

    ReplyDelete
  111. Alvi Khoirunnisak
    15301241012
    S-1 PemdPendid Matematika A 2015

    Saya menjadi 'terkejut' setrlah membaca artikel ini. Seperti disadarkan bahwa terkejut tidak melulu tentang hal-hal yang negatif sepeert membuat kaget, trauma, atau sedih. Ada juga terkejut yang positif, bahkan bisa membuat orang yang terkejut tersebut menjadi senang sepetti kejutan ulang tahun. Dan setelah membaca artikel ini, saya ingin menjadi alasan orang lain 'terkejut' karena bahagia mengenal saya.

    ReplyDelete
  112. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terkejut adalah spontanitas respon yang dilakukan secara tiba-tiba karena sesuatu yang terjadi secara mendadak atau tak terduga. Setiap orang pasti pernah mengalami “terkejut”. Ada berbagai macam “terkejut” dilihat dari berbagai sudut pandang. Terkejut pun ada yang bermakna baik atau positif ada juga yang bermakna negatif. Dalam dunia pendidikan, misalnya dalam hal pembelajaran, guru bisa membuat siswa nya terkejut dalam artian positif misalnya guru menggunakan alat peraga atau media pembelajaran yang sangat menarik sehingga siswa akan merasa terkejut dan siswa akan menjadi lebih antusias dalam belajar. Selain itu juga dengan memberikan reward kepada siswa yang bisa menjawab soal yang diberikan guru, dengan demikian siswa akan termotivasi untuk belajar.

    ReplyDelete
  113. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Artikel yang menarik, ternyata terkejut memiliki beberapa makna tergantung pada kondisi dan penggunaannya. Terkejut dapat diartikan sebagai keadaan atau situasi yang tidak terduga oleh diri. Terkejut terjadi saat terdapat suatu keadaan yang tiba-tiba, tidak terduga, dan tidak terpikirkan sebelumnya. Hal tersebut berarti keadaan dimana pikiran tidak siap menerima suatu keadaan.
    Terkejut ternyata juga dapat bersifat positif dan negatif. Namun dalam artikel ini saya mendapati kebanyakan dari terkejut itu bersifat negatif. Terkejut pendidikan misalnya, dimana guru dan murid terkejut berarti metode pengajaran dikelas perlu diperbaiki. Hal tersebut berarti guru harus mampu mengajarkan dengan baik materi yang harus diajarkan dan mengontrol jalannya pembelajaran. Terdapat terkejut yang menarik perhatian saya, yaitu “terkejut matematika”. Terkejut Matematika berarti Catastrope Theory. Dalam bahasa inggris, catastrope berarti malapetaka. Bagaimana terkejut matematika dihubungkan dengan teori malapetaka? Apakah catastrope theory ini juga terkejut bersifat negatif? Jika negatif, seperti apa terkejut yang bersifat positif? Hal-hal tersebut masih saya cari tahu.

    ReplyDelete
  114. Rina Musannadah
    15301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2015
    Ada banyak jenis terkejut yang disebutkan dalam tulisan ini. Setelah membacanya, satu hal yang dapat saya simpulkan adalah segala sesuatu di dunia ini selalu dapat menimbulkan dampak positif ataupun negatif, bahkan terkejut pun dapat menimbulkan dampak berbeda dalam setiap situasinya.

    ReplyDelete
  115. Raudhah Nur Pratiwi (15301244009)
    S1-Pend. Matematika A 2015

    Bismillah,
    Terimakasih Prof atas artikelnya, Setelah saya membaca artikel Prof, wawasan saya tentang makna terkejut jadi lebih luas. Ternyata terkejut banyak macamnya. Terkejut atau biasa disebut dengan ‘kaget’ merupakan respon diri terhadap sesuatu yang tiba-tiba dan kita belum memiliki kesiapan untuk menghadapi hal yang tiba-tiba tersebut. Terkejut dapat menimbulkan dampak positif maupun dampak negatif.
    Salah satu contohnya dalam dunia pendidikan adalah guru ‘terkejut’ dengan perubahan kurikulu. Hal tersebut karena kurangnya persiapan untuk menghadapi perubahan kurikulum. Oleh karena itu, dampak terkejut dapat diminimalisisr dengan meningkatkan kesiapan.

    ReplyDelete
  116. Farisa Yunilasari
    15301241025
    S1-Pendidikan Matematika A 2015

    Menurut saya setiap orang pernah terkejut. Terkejut adalah suatu sikap dimana tubuh kita belum siap menerima informasi dari orang lain . Semakin kita mudah terkejut, maka menunjukkan bahwa kita tidak siap menerima keadaan tersebut. Terkejut terdiri dari terkejut yang baik karena mendengar kabar baik dan terkejut karena mendengar hal buruk. Yang diharapkan adalah kita mudah terkejut yang baik dan tidak mudah terkejut yang buruk.

    ReplyDelete
  117. Lisfiyati Mukarromah
    15301241042
    Pendidikan Matematika A 2015
    Program S1
    Terimaksih prof telah membagikan artikel yang sangat menarik ini. Setelah membaca artikel di atas, saya jadi mengetahuai makna “terkejut” dari berbagai sudut pandang dan konteksnya.
    Contohnya yang sangt menarik bagi saya adalah terkejut pendidikan. Pada artikel diatas, baik guru atau murid yang terkejut, yang perlu diperbaiki adalah metode mengajar guru yang perlu diperbaiki. Menurut saya terkejut itu bisa terjadi karena ketidaksiapan menghadapi sesuatu. Contohnya adalah guru yang terkejut dengan adanya perubahan kurikulum. Terkejutnya guru itu menjadi i ndikator bahwa guru tersebut belum siap, baik secara materi maupun metode pembelajaran. Contoh lainnya yaitu terkejutnya seorang murid dengan pembelajaran matematika. Hal itu bisa terjadi jika guru menggunakan metode yang tidak sesuai sehingga siswa merasa tidak siap dan susah menerima ilmu yang diberikan.

    ReplyDelete
  118. Intan Heryani Putri
    15301241011
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Artikel ini semakin membuka wawasan saya tentang makna terkejut dalam berbagai dimensi. Salah satunya Catastrophe Theory, saya sebagai mahasiswi Pendidikan Matematika sebelumnya tidak tahu tentang apa itu Catastrophe Theory. Terima kasih, Prof. Terkejut menurut KBBI online adalah kata kerja yang berarti terperanjat atau kaget. Menurut saya, manusia lumrah mengalami hal terkejut karena manusia tidak bisa mengetahui semua hal dan keadaan yang mungkin akan terjadi nanti, sehingga pasti ada keadaan disaat manusia itu tidak siap dengan suatu keadaan tertentu sehingga membuatnya terkejut. Tidak selamanya terkejut itu merupakan hal yang membuat perasaan kita menjadi negatif (misalnya keadaan saat kita tidak siap menerima hal buruk terjadi pada kita kemudian kita menjadi kaget karena tidak sesuai dengan ekspektasi atau harapan). Bisa jadi terkejut juga dapat membuat perasaan kita menjadi positif karena senang dengan kejutan (misal ketika tiba-tiba diberi surprise atau hadiah yang menyenangkan). Dan positif atau tidaknya "terkejut" itu, sebenarnya lebih kepada bagaimana seorang manusia menerima kejutannnya. Jika dikejutkan oleh hal yang buruk seharusnya manusia bisa berusaha untuk ikhlas sehingga perasaannya tidak ikut menjadi negatif juga. Jadi tergantung subjek yang mengalami rasa keterkejutan tersebut. Kita sebagai subjek tersebut sebaiknya berikhtiar untuk terus bersikap positif atas berbagai "kejutan-kejutan" yang terjadi dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  119. Siti Efiana
    15301241029
    S1- Pend.Mat I 2015
    Terima kasih artikelnya, Prof. Dari artikel ini saya mengetahui bahwa ada bermacam-macam jenis terkejut. Terkejut menurut saya adalah ada ketidaksiapan saat terjadi suatu hal yang tidak diduga-duga sehingga menimbulkan sensasi kaget. Terkejut ini sangat lumrah terjadi pada seseorang. Namun, yang harus hati-hati adlah jika kejutan yang dilakukan berlebihan karena akan berakibat tidak baik. Saya masih ingat tentang kejadian bertahun-tahun lalu, yaitu kejutan ulang tahun yang membawa petaka, di mana mata korban sampai rusak dan ada juga yang mengakibatkan korban meninggal dunia. Jadi, berhati-hatilah akan semmua tindakan kita, jangan sampai merugikan orang lain, memberi kejutan itu boleh-boleh saja namun jangan berlebihan.

    ReplyDelete
  120. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1- Pendidikan Matematika I 2015

    Terkejut merupakan hal yang lumrah dialami oleh setiap orang. Terkejut dapat memiliki banyak arti tergantung konteksnya. Apapun itu, kita hendaknya bersyukur memiliki rasa terkejut. Apa jadinya jika manusia tidak memiliki rasa terkejut. Mungkin setiap hal akan terasa 'flat' dan kita akan kurang bersyukur.

    ReplyDelete
  121. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    Dari artikel yang telah di share tersebut dapat diketahui ternyata terkejut itu sangant banyak artinya, dari hal yang baik maupun yang kurang baik. Secara familiar terkejut dapat diartikan kaget menunjukkan adanya ketidaksisapan seseorang dalam menerima sesuatu. Seperti halnya terkejut pendidikan_ guru terkejut berarti metodenya harus diperbaiki dan murid terkejut berarti metode mengajar guru diperbaiki. Oleh karena itu, daam pendidikan perlu adanya kesiapan yang mantang dan pemilihan metode pembelajaran yang tepat sehingga guru maupun siswa tidak terkejut dan kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  122. Isykarima Nur S
    15301241032
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Yang terkait dengan kata terkejut, misalnya, suka kejutan, terapi kejut, redam kejut, teori kejutan, tiba tiba, sekonyong konyong, dsb. Namun disini yang menarik perhatian saya adalah terkejut pendidikan dan terkejut matematika. Tertulis terkejut pendidikan, apabila guru terkejut berarti metode mengajarnya perlu diperbaiki, murid terkejut berarti metode mengajar guru perlu diperbaiki, hal itu dapat saya simpulkan berarti terkejut pendidikan ini ketidaksiap an guru dan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

    ReplyDelete
  123. Rina Anggraeni
    15301241043
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Terkejut merupakan ekspresi yang muncul dengan tidak sengaja atau bisa disebut dengan spontanitas, biasanya jika seseorang terkejut mereka akan mengeluarkan ekspresi seperti kaget. Dari definisi Bapak tentang terkejut orang tua berakibat serangan jantung saya menyimpulkan bahwa mengejuti orang tua itu tidak baik karena orang tua akan kaget dan kekagetan itu dapat menyebabkan serangan jantung. Saya ingin menambahkan kata pada definisi bapak tentang terkejut pekerjaan, terkejut pekerjaan yang didefinisi bapak adalah dimutasi atau di pecat, menurut saya tidak hanya itu. Terkejut pekerjaan bisa jadi mendapat gaji yang lebih besar atau dinaikan tingkat jabatannya. Terkejut menurut saya bisa dibedakan menjadi 2 berdasarkan penyebabnya yaitu, terkejut karena mendapat hal-hal yang positif dan terkejut karena hal-hal yang negatif. Dalam pendidikan, atau lebih tepatnya pembelajaran dilakukan apersepsi terlebih dahulu untuk menyiapkan peserta didik siap belajar agar tidak terkejut.

    ReplyDelete
  124. Hartanti Siamah
    15301241017
    Pendidikan Matematika A 2015

    Terkejut mempunyai arti berbeda-beda menurut subyek dan obyeknya. Tetapi secara garis besar dapat diartikan sebagai positif thing dan negatif. Di sini saya tertarik dengan terkejut pendidikan, guru terkejut berarti metodè mengajarnya perlu diperbaiki, murid terkejut berarti metode mengajar guru perlu diperbaiki, maka dalam pemelajaran, guru harus bisa memilih metode yang sesuai tidak hanya memperhatikan pada aspek materi namun juga memperhatikan karakteristik siswa, sehingga dalam pelaksanaannya pembelajaran bisa berlangsung dengan baik.

    ReplyDelete
  125. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Terkejut memiliki banyak arti tergantung dari konstek, subyek dan juga obyek. Terkejut ini muncul secara tiba-tiba dan tanpa disadari oleh sesorang.

    ReplyDelete
  126. Tico Miladina
    14301244014
    Pendidikan Matematika A

    Pada umumnya, terkejut adalah respon seseorang terhadap sesuatu yang tidak terpikirkan akan terjadi. Terkejut dapat dikaitkan dengan hal negatif maupun positif. Namun, terkejut dapat memiliki arti tersembunyi seperti sebagai peringatan akan sesuatu maupun sebagai pelajaran untuk berserah diri kepala Allah SWT.

    ReplyDelete
  127. Amayda Ade Pramesti
    15301244012
    S1 Pend.Mat A 2015

    terimakasih Prof atas postingannya mengenai terkejut. hal ini membuka wawasan saya mengenai terkejut. terkejut ini dapat memiliki arti yang sangat luas tergantung dengan bahasan yang sedang dibahas

    ReplyDelete
  128. Sinta Mutiara Dewi
    15301241018
    S1-Pendidikan Matematika A 2015

    Terkejut atau kaget adalah spontanitas gerakan, ucapan, maupun tindakan yang dilakukan secara refleks karena suatu hal yang terjadi secara tiba-tiba. Bisa dikatakan terkejut terjadi ketika tubuh dan pikiran belum siap menerima informasi atau rangsang sehingga menimbulkan gerakan atau tindakan refleks. Dalam pendidikan dan pembelajaran, sikap terkejut menurut saya kurang baik, karena terkejut terjadi tanpa persiapan. Segala hal yang dilakukan tanpa persiapan tidak akan membuahkan hasil secara maksimal.

    ReplyDelete
  129. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015
    Terkejut dalam kehidupan ada yang berdampak positif ada pula yang berdampak negatif. Dalam dunia pendidikan, agar guru tidak terkejut maka metode pengajaran yang akan dilakukan haruslah dipersiapkan sampai matang, sehingga hal ini juga tidak akan membuat murid terkejut pula. Pelajaran yang dapat saya ambil adalah apapun yang akan kita lakukan lebih baik apabila dipersiapkan terlebih dahulu, sehingga dapat mengurangi efek terkejut yang mungkin akan terjadi.

    ReplyDelete
  130. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Terkejut berarti tidak siap, merasa aneh dengan sesuatu yang tidak biasa. Terkejut ini dapat bisa bermakna positif maupun sebaliknya. Terkejut menimbulkan reaksi secara spontan seperti menjadi heboh, terdiam, berteriak, dsb. Reaksi yang dihasilkan ini merupakan salah satu indikasi dari positif atau tidaknya suatu "kejutan". Semua orang pasti pernah terkejut. Saya juga merasa terkejut setelah membaca artikel Bapak tentang "Terkejut" ini karena mendapati suatu hal yang tidak biasa atau belum pernah saya temui sebelumnya, salah satunya "Terkejut Matematika = Casastrope Theory". Saya terkejut karena belum pernah mendengar teori ini, saya terkejut karena teori ini bukanlah hal yang biasa bagi saya. Dan reaksi yang muncul akibat keterkejutan ini adalah mencari informasi mengenai hal yang tidak biasa tersebut.

    ReplyDelete
  131. Zudhy Nur Alfian
    15301241035
    S1 Pendidikan Matematika

    Dari aritkel ini, kita tahu bahwasannya arti dari kata terkejut itu ternyata memiliki banyak makna yang dapat kita kaji berdasarkan berbagai keadaan. Terkejut adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak siap dengan hal yang dihadapi. Ini dapat terjadi ketika seseorang memiliki ekspetasi tinggi, tetapi realita yang terjadi tidak sesuai dengan yang diekspetasikan. Hal yang perlu kita persiapkan adalah berusaha siap apapun yang terjadi dengan keadaan kita, kapanpun itu.

    ReplyDelete