Sep 25, 2017

*LANDASAN*



Oleh Marsigit

*Mbilung*: _Landasan_ itu apa Gog?

*Togog*: Filsafat lagi. Arahmu itu mau ke mana?

*Mbilung*: Kemarin Semar bicara _bongkot pucuk_, bukankah _landasan_ itu juga termasuk _bongkot_.

*Togog*: Silahkan tanya langsung saja ke Semar.

*Semar*: Uhei...hidupnya manusia itu hanya ada 2 macam: _berlandaskan_ atau _tidak berlandasan_.

*Mbilung*: Lha ini baru menarik. Terus Mar, terus.

*Semar*: Landasan Agama adalah iman. Landasan keluarga adalah pernikahan. Landasan pikiran adalah hati. Landasan ucapan adalah pikiran dan hati. Landasan tindakan adalah pikiran dan hati. Landasan gedung adalah pondamen. Landasan langit adalah bumi. Landasan teman adalah saling menghargai. Landasan birokrasi adalah tugas dan kewajiban. Landasan moral adalah Agama, budaya dan adat istiadat. Landasan pergaulan adalah etik, estetika, moral dan Agama. Landasan aktivitas adalah niat, doa, ilmu dan pengalaman. Landasan pengalaman adalah niat, sikap, ilmu dan ketrampilan. Landasan sosial adalah rasa saling hormat dan percaya. Landasan perdamaian adalah saling mengerti. Landasan kesehatan adalah keseimbangan. Landasan kebahagiaan juga keseimbangan. Landasan cinta adalah sayang. Landasan sayang adalah memberi. Landasan memberi adalah moral. Landasan moral adalah Agama.

*Mbilung*: Landasan gedung apakah hanya pondamen?

*Semar*: Uhei..itu pertanyaan metafisik. Metafisiknya landasan itu berstruktur berhirarki. Membangun gedung itu landasan fisiknya pondamen, tetapi landasan metafisiknya meliputi: _niat, doa, manfaat, tujuan, dana, teknologi, ilmu, etik, estetika_.... dan lain masih banyak lagi.

*Bagong*: Lho saya bikin rumah tak pakai landasan macam macam. Langsung ceb gitu saja kok repot.

*Petruk*: Itu kan kamu Gong. Rumah itu macam macam: rumah bedeng, rumah gubug, rumah pribadi, rumah kantor, rumah ibadah, rumah penjara. Gedung saja macam macam: tingkat 1, 2, 3 dst. Dari fungsinya: gedung sekolah, kampus, mall, hotel, dst.

*Bagong*: Aku sudah tahu, kaya gitu kok diberitahu. Saya bikin warung ceb, ya dadi. Anakku masuk warung langsung klojot klojot kesurupan.

*Petruk*: Lha itu berarti warungmu tidak pakai landasan doa.

*Bagong*: Bikin gedung kok pakai acara peletakan batu pertama Mar?

*Semar*: Uhei... acara peletakan batu pertama mempunyai makna dan manfaat yang banyak. Makna spiritual, makna sosial, makna pikiran, makna hati, makna pergaulan, makna informasi, makna perjanjian kerja, kesepakatan, dukungan, biaya, manfaat, dst...masih banyak lagi.

*Bagong*: Nek aku watune ya ming gur tak glundhungke ra wis.

*Gareng*: Kere ki! Omonganmu ora dloma dlame Gong. Di jawab dituruti alus alus, sopan sopan, lambemu dleweran. Manungsa kuwi sing diregani apane, nek ora cuuuaangkeme. Ngomong ya ngomong, ning ya delok karo sapa. Ngerti nek ora sopan, kok diterus teruske. Lha apa kowe niyat arep bunuh diri ya ha a? Parepatan iki dirawuhi nata Ngamarta, kabeh satriyo ya ana. Kabeh pada gegulang kawruh kabecikan, tata krama lan tata susila. Kowe gur lagi bisa takon wae wis umuk. Trima rama Semar, trima ndara Janaka, aku ya mrekitik.

*Petruk*: Uwis Reng. Wah Gareng nesu tenan. Sabar sabar.

*Bagong*: Lha iya Truk, salahku apa wong gur ngomong. Takon ya bebas ta. E sapa ngerti watu gedhe dikorupsi dadi watu cilik. Watu cilik dikorupsi dadi krikil. Krikil dikorupsi dari pasir?.
*Petruk*: We lha dalah nggempungke pikir cah ki. Pikiran lan atimu kepranjingan apa Gong? Arepa gur takon, bisa dirasake kaya nudhuh. Arepa gur wanti wanti bisa dirasake kaya ngarani. Mula lambemu doble kuwi pancen dinggo nyinyir. Apa ora bisa omong sing becik becik ben gawe tentreme atine liyan. Nek ngomong kok tansah nglarani atine liyan. Kuwi kowe jenenge kena sengkala. Watuk bisa ditambani ning nek watak ora bisa. Atimu ana syaitane Gong. Nau dhubilah mindalik. Donga Gong. Istigfar Gong.

*Semar*: Ehue...uwis uwis, pancen drajate Bagong ya ming semana. Rasah digateke Bagong. Wis ayo pada donga, muga muga ndaramu, kasengkuyung aku kowe kabeh, lhe arep mbangun gedung pasinaon, bisa tansah diayomi dening Pangeran.
Li Ridho illahi ta'ala...
Alfatehah
Rabbi anzilnii munzalan
mubaarakan wa anta
khairul munzillin. Allahumma innii a'uudzubika min syarrimma shana'tu wa min syarri kullidzii syarrin. Laa haula wa lla quwwata illaa billah.
Wahai Tuhanku, tempatkanlah aku di tempat yang diberkahi, dan Engkau adalah sebaik-baik Zat yang menempatkan. Wahai Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan apa yang aku buat, dan dari kejahatan semua yang jahat. Tak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.
Aamiin aamiin ya Robbul alamin.

END

71 comments:

  1. Restu Widhi Laksana
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251022
    Bismillahirrokhmanirrokhim

    Menurut pemahaman saya dari artikel ini mengajarkan bahwa suatu hal mempunyai dipandang dalam filsafat baik dari fisik maupun metafisiknya. Apa yang tampak fisik adalah apa yang dapat dirasakan oleh panca indera kita, sedangkan metafisik adalah maksud dibalik tampilan fisik. Seringkali metafisik mempunyai sifat atau arti yang berlawanan dari tampilan fisik. Sebagai contoh seorang tersenyum. Maka secara fisik senyuman seringkali dikaitkan dengan kebahagiaan, maka secara fisi kita melihat orang tersebut sedang bahagia. Sedangkan secara metafisik dari batin nya belum tentu dia sedang berbahagia.
    Hal kedua yang saya dapat adalah bahwa landasan segala sesuatu itu jatuhnya adalah doa. Melakukan apapun maka harus dilandasi dengan doa. Doa itu landasannya ilmu dan iman. Ilmu dan iman itu asalnya dari Allah. Sehingga segala hal yang kita lakukan hendaknya dilandasi dengan mengingat Allah.

    ReplyDelete
  2. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Landasan=dasar yang fundamental..Segala sesuatu di kehidupan ini harus punya landasan..Seseorang akan mampu menyesuaikan dengan norma yang ada apabila mengetahui dan memahami landasan yang harus dibangun dan yang dibutuhkan. Landasan hidup yang baik adalah landasan yang selaras dengan berlakunya norma. Landasan yang selaras dengan norma,akan berakibat suatu bentuk kenyamanan dan kebahagian.
    Landasan juga pintu seseorang untuk mencapai tujuan...Bukankah "Landasan" di Bandara/Pangkalan Udara juga menentukan keberhasilan misi utama pesawat mencapai tujuannya? Landasan=dasar yng fundamental..Segala sesuatu di kehidupan ini harus punya landasan..Seseorang akan mampu menyesuaikan dengan norma yang ada apabila mengetahui dan memahami landasan yang harus dibangun dan yang dibutuhkan. Landasan hidup yang baik adalah landasan yang selaras dengan berlakunya norma. Landasan yang selaras dengan norma,akan berakibat suatu bentuk kenyamanan dan kebahagian.
    Landasan juga pintu seseorang untuk mencapai tujuan...Bukankah "Landasan" di Bandara/Pangkalan Udara juga menentukan keberhasilan misi utama pesawat mencapai tujuannya?

    ReplyDelete
  3. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Saya tertarik dengan kalimat landasan ucapan adalah pikiran dan hati. Hal ini berarti bahwa manusia, harus berpikir dan merasakan apakah ucapan nya layak untuk disampaikan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ketika kita berpikir dan merasakan sebelum berucap, ucapan kita akan lebih bermakna.

    ReplyDelete
  4. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkaait topik bahasan mengenai Landasan bahwa sebagai dasar tempat berpijak atau tempat di mulainya suatu perbuatan, sebagai contoh diberlakukannya landasan dalam kehidupan sehari-hari terdapat pada penidikan yang juga memiliki landasan bahwa landasan pendidikan berdasarkan asumsi-asumsi yang menjadi dasar pijakan atau titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.

    ReplyDelete
  5. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018
    Prof Marsigit menutup tulisan Landasan dengan doa, maka saya memberikan komentar dengan doa pula yang diajarkan nabi Muhammad yang Agung:
    Ya muqallibal qulub, tsabbit qolbi ‘ala dinika. Wahai Tuhan yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hati kami pada tuntunanmu. Amiin.

    ReplyDelete
  6. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Setiap hidup butuh landasan. Setiap yang beragama emrukan landasan berupa keimanan. Setiap yang berucap perlu landasan berupaka pikiran dan hati. Setiap yang melakukan aktivitas memerlukan landasan berupa niat, doa, ilmu, dan pengalaman. Setiap apa yang dilakukan maupun yang ingin dilakukan pasti memerlukan landasan. Jika tidak ada landasan maka hidup tidak akan bisa berjalan dengan baik, yang ada malah menimbulkan suatu ketidakpastian dan kebimbangan. Jika seseorang tidak merasa yakin dengan apa yang dilakukan tentu akan merusak kegiatannya tersebut. berbeda dengan orang yang sudah yakin dan mempunyai landasan, mereka akan lebih yakin dan percaya diri untuk melakukan setiap tindakannya. Oleh karena itu, perlu adanya landasan hidup untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  7. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Assalamualaikum wr.wb.
    saya tertarik dengan landasan moral adalah agama, dimana ambila seseorang memegang dan mengamalkan aJaran-aJaran agama maka moralnya akan baik Juga. akan tetapi permasalahan yang ada sekarang terkadang agama menJadi kedok politik yang mana terkadang menggunakan perbuatan yang tidak baik dan merusak moral penerus bangsa menimbulkan perpecahan.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  8. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Setiap manusia harus memiliki landasan dalam hidupnya, karena dengan landasan seseorang akan tahu petunjuk atau arah hidupnya kemana. Sebaik-baik landasan hidup adalah Al-Qur'an dan As Sunnah, karena landasan tersebutlah yang merupakan jalan keluar atau solusi dari setiap permasalahan kehidupan. Banyak keistimewaan yang terdapat dalam landasan tersebut salah satunya adalah ketika kita lagi gelisah maka perbanyaklah atau sibukkanlah diri dengan memperbanyak membaca Al-Qur'an.

    ReplyDelete
  9. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Landasan adalah pondasi. Pondasi yang merupakan dasar yang kokoh dalam pelaksanaannya. seperti halnya dalam membangun rumah pondasi adalah pengerjaan yang utama dalam menidirikan suatu bangunan, karena jika pondasi yang tidak kuat maka bangunan pun juga akan cepat roboh atau ambruk. dalam kehidupan kita sebagai makhluk spiritual makan pondasinya adalah kitab atau ajaran agama, jika kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dasarnya adalah Pancasila dan UUD 1945. dalam menjalani kehidupan sangat dibutuhkan pondasi yang kuat terhadap suatu keadaan sehingga kita dapat menjalaninya dengan rasa percaya.

    ReplyDelete
  10. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Landasan merupakan dasar untuk bertindak dan dalam membuat sebuah keputusan. Setiap orang memiliki landasan dalam berpikir dan bertindak untuk menggapi sebuah keputusan terbaik. Landasan membuat orang lebih terarah dalam menjalani kehidupan. Negara juga mempunyai landasan dalam kehidupan bernegara yaitu pancasila dan undang-undang sedangkan landasan bagi setiap manusia haruslah berlandaskan Al-Qur’an dan sunnah.

    ReplyDelete
  11. Lukman
    18701264003
    S3 PEP 2018

    Sekuat-kuatnya landasan adalah tawakkal kepada Allah SWT. Tawakkal sebagai kata kerja aktif, bukan tawakkal yang ngelokro, pasif, suudzon. Di dunia yang serba psitivistic-modern semakin sulit memahami dan memahamkan makna tawakkal sebagai kekuatan pondasi yang kokoh. Perlu lebih diperkuat dengan pendekatan kualitatif yang berimbang dengan kuantitatif. Maaf...nyuwun sewu yang di-UNY saat ini kurang populer.
    Terima kasih. Wallohu A'lam.

    ReplyDelete
  12. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Landasan bisa juga disebut fondasi. Dalam melakukan segala sesuatu kita harus memiliki landasan atau fondasi yang menyertai nya minimal kita memiliki alasan mengapa kita begitu atau mengapa kita harus begini. Misalnya dalam menjalani kehidupan jika kita memiliki landasan yang kuat tentu dalam menjalani kehidupan kita juga akan memiliki kekuatan dan lebih gigih dalam menyikapi berbagai permasalahan hidup yang terjadi. Sebaik-baik landasan dalam hidup adalah hidup yang berlandaskan kecintaan kita pada Allah SWT yang maha Kuasa.

    ReplyDelete
  13. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Dalam pembuatan puding tumpuk berbagai warna, warna yang digunakan sebagai tumpukan paling dasar sebagai landasan adalah warna hijau. Itu merupakan salah satu contoh dalam kehidupan ibu-ibu saat membuat puding yang menggunakan kata landasan sebagai kalimat untuk menyatakan warna paling bawah dari puding. Bila dikaitkan dengan kehidupan luar masak-memasak, maka kata landasan bisa digunakan sebagai pernyataan atau pertanyaan saat seseorang mengatakan dia ingin marah kepada temannya berlandaskan atas perilaku temannya yang semena-mena kepadanya. Sehingga bisa disimpulkan bahwa landasan menjadi alasan tersendiri bagi manusia untuk berpikir lebih hati-hati dan bertindak hati-hati juga.

    ReplyDelete
  14. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Segala sesuatu memiliki landasan. Landasan menjadi dasar dari segala sesuatu. Landasan agama adalah iman. Jika dalam beragama tidak memiliki iman maka akan gampang goyah. Landasan keluarga adalah pernikahan. Jika berkeluarga tanpa dilandasi pernikahan maka tidak ada pondasi yang kuat yang mengikatnya. Naudzubillah min dzalik. Landasan ucapan adalah pikiran dan hati. Apa yang kamu pikirkan dan rasakan akan berpengaruh pada ucapanmu. Dan lain sebagainya. Begitulah landasan, menjadi pokok dasar dari sesuatu. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  15. Hanif Cahyo adi kistoro
    S3 PEP 2018 / 8701264004

    Landasan itu adalah alatatau pijakan untuk menuju ke arah yang lebih tinggi. landasan pesawat dipakai untuk terbang. landasan iman dipakai untuk menuju mencari hakikat dan tujuan dalam agama. semakin luas dan kuat landasan akan semakin kuat dalam mencari kebenaran dari Tuhan.

    ReplyDelete
  16. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Landasan adalah dasar pemikiran, landasan sendiri memiliki keterkaitan dengan sumber dan pemahaman. Dengan kata lain, landasan adalah Pondasi untuk membentuk suatu Teori agar tampak lebih menarik untuk dikembangkan dan di jadikan acuan sebagai sumber pemahaman.

    ReplyDelete
  17. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Dalam hidup, manusia memiliki tujuan. Untuk mencapai itu, dibutuhkan pegangan, pedoman, atau landasan. Akal, pikiran, hati, etika, bersumber dari landasan yang hakiki, yakni iman kepada Zat Tunggal, Tuhan semesta alam. Tujuan hidup manusia adalah mengabdi. Dengan landasan keimanan, manusia bisa memberdayakan potensi dirinya dan potensi makhluk lainnya (dalam hal agama, budaya, ipteks, dll.) agar selamat dunia dan akhirat. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  18. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Landasan merupakan hal yang penting, berperan sebagai dasar atau pijakan dalam berbagai sendi kehidupan. Dalam keseharian yang biasa menjadi aktifitas, semua harus memiliki landasan. Untuk apa landasan itu? yakni untuk mencapai tujuan yang baik. Tujuan yang baik harus dimulai dari yang baik pula. Sebab landasan adalah bekal, yang menentukan berhasil atau tidaknya sebuah perjalanan kehidupan nantinya. Landasan ibarat sebuah langkah pertama, yang menentukan langkah-langkah selanjutnya. Langkah kedua, ketiga, dan seterusnya ada, setelah adanya hentakan pertama.
    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  19. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    s2 Pendidikan Matematika D 2019

    Menurut saya pemahaman mengenai landasan sangatlah penting. Mengapa? Karena kita tidak bisa menganggap bahwa kita bisa mencapai sesuatu dengan instan tanpa mempelajari dasarnya. Dan landasan itulah yang menjadi bagian terpenting untuk mengawali sesuatu. Intinya landasan itu dapat dikatakan sebuah pijakan atau sebuah awal dalam proses untuk menuju tujuan. Namun juga yang perlu diperhatikan adalah ada landasan yang sama-sama menjadi landasan dari dua hal yang berbeda dan sesuatu yang menjadi landasan, itu juga dilandasi oleh hal yang lainnya. Jadi landasan dalam segala aspek kehidupan itu pada dasarnya saling memiliki keterkaitan.

    Sebenarnya dari percakapan tersebut juga bukan hanya mengenai materi landasan yang dapat kita ambil, namun juga bagaimana cara kita untuk bertanya dan berpendapat dengan baik tanpa harus menyakiti atau menyinggung orang lain.

    ReplyDelete
  20. Heriansyah
    19701261017
    S3 PEP

    Landasan ilmu PEP saya pelajari ini adalah filsafat ilmu/ pendidikan. Bagaimana mungkin saya bisa memahami dg baik hal-hal terkait penelitian dan Evaluasi pendidikan dg baik jika tidak memahami hakikat ilmu sendiri.
    Tulisan diatas selain memberikan penjelasan ttg manfaat landasan segala hal juga menyadarkan kepada kita bahwa landasan tidak hanya berbentuk fisik semata, tetapi juga meta fisik. Belajar PEP harus juga dilandasi dan disertai motivasi yang tinggi dan niat yang tulus untuk mengembangkan ilmu yang bermanfaat, bukan sekedar meraih gelar doktor..

    ReplyDelete
  21. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Landasan adalah suatu awalan yang penting untuk memulai sesuatu, jadi diperlukan landasan untuk membentuk 'suatu bangunan' apa yang akan dibangun nanti. Tapi, landasan tersebut juga harus kokoh. Jika dari landasannya saja sudah tidak kokoh, maka apa yang berdiri di atasnya akan mudah hancur dengan sekali percobaan (masalah).

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum
    Ahmad syajili
    S2 PMD 2019
    19709251066
    Landasan itu memiliki arti awal, dasar, awalan . Landasan itu sangat penting untuk kita membentuk suatu pendirian yang Kokok.Setiap yang berucap perlu landasan berupaka pikiran dan hati. Setiap yang melakukan aktivitas memerlukan landasan berupa niat, doa, ilmu, dan pengalaman. Setiap apa yang dilakukan maupun yang ingin dilakukan pasti memerlukan landasan. Jika tidak ada landasan maka hidup tidak akan bisa berjalan dengan baik, yang ada malah menimbulkan suatu ketidakpastian dan kebimbangan. Jika seseorang tidak merasa yakin dengan apa yang dilakukan tentu akan merusak kegiatannya tersebut. berbeda dengan orang yang sudah yakin dan mempunyai landasan, mereka akan lebih yakin dan percaya diri untuk melakukan setiap tindakannya.

    ReplyDelete
  23. Ainun Mahfuzah
    19706261011
    S3 Pendidikan Dasar 2019
    Assalamualaikum, wr.wb?
    Setiap manusia memiliki landasan dalam menjalani kehidupan. Salah satunya landasan spiritual yaitu landasan hidup yang berpedoman pada Al-Quram dan Hadis. Pengertian landasan dapat lebih terkhusus jika dimaknai dengan dasar atau tumpuan. Contoh landasan menuntut ilmu adalah ketidaktauan. Ketika kita merasa bahwa diri kita merupakan orang yang tidak tau maka akan timbul energi positif untuk terus bersemangat mencari tau sehingga dapat menjadi tau. Inilah hakikat dari ilmu.
    Wassalam, wr.wb

    ReplyDelete
  24. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 Pendidikan Matematika 2019 /D

    menurut saya, hidup dikatakan baik jika hidup yang berlandaskan keimanan dan ketakwaan, hidup yang baik adalah hidup yang menghargai kesopanan dan norma yang berlaku pada masyarakat. Perbuatan yang baik adalah yang dilandasi oleh niat yang baik dan diiringi doa kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  25. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    S2 PEP A 2019

    Assallamuallaikum wr.wb
    Saya tertarik pada bagian hidup manusia itu hanya ada dua macam. Yang pertama berlandaskan dan yang kedua tidak berlandaskan. Menurut saya, selama manusia memiliki landasan (pedoman) hidup maka ia akan sampai pada tujuan yag diinginkannya. Ketika, manusia sama sekali tidak memiliki landasan yang ia yakini maka hilanglah arah tujuan pada hidupnya. Maka sebaik-baik nya landasan yang harus dimiliki diyakini adalah iman. Jika dasar (iman) sudah kokoh maka tidak akan goyahlah hidupnya.

    ReplyDelete
  26. Hima Naili Hidayah
    19701251004
    PEP A S2

    Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
    Setiap manusia hidup di dunia ini harus mempunyai landasan, baik landasan agama, keluarga, hati, dll. Karena, jika hidup tidak berlandaskan dengan pondasi yang kokoh maka hidup akan mudah terombang-ambing, mudah terpengaruh dan tidak mengetahui apa tujuannya untuk hidup. Manusia bisa dinilai dari tutur katanya. Jadi, sopan, santun dan tata krama merupakan elemen yang penting untuk diterapkan di kehidupan ini, terlebih kepada orang yang lebih tua.
    Terima kasih prof.

    ReplyDelete
  27. Galih Istiningsih
    19706261009
    S3 Pendidikan Dasar 2019
    assalamualaykum

    pachelaton semar, togog, bilung, bagong sangat inspiratif terkait landasan dalam perbandingan fisik dan metafisika. fisik yang hanya bias dilihat panca indra. sedangkn metafisiik adalah dibalik tampilan fisik dan tersurat. Tokoh semar selalu menjadi pengarah, pembimbing dan penasehat teman2 punokawan. Landasan punokawan adalah semar sebagai pengarah. Landasan akhirat adalah bermanfaat.

    ReplyDelete
  28. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Duden Saepuzaman
    NIM. 19701261008
    S3 PEP 2019

    Tulisan yang bagus prof...saya tersadarkan, selama ini saya cenderung memndang landasasan tinjauan fisik (nampak) , agak mengesampingkan tinjauan landasan metafisiknya..padahal landasan ini lebih memiliki kekuatan yang lebih besar yang kadang tak nampak terlihat...

    ReplyDelete
  29. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Landasan yaitu suatu awalan yang dilakukan untuk menjadi dasar dalam bertindak atau berpikir. Contohnya negara yang mempunyai landasan yaitu pancasila dan undang-undang dasar 1945. Selain itu, landasan bagi stiap umat muslim yaitu berlandaskan Al-Qur’an dan sunnah-sunnah nabi. Dengan begitu, landasan membuat seseorang lebih terarah dalam menjalani kehidupannya.

    Namun apabila kita tidak mempunyai landasan dalam hidup maka tidak akan bisa berjalan dengan baik, yang pada akhirnya menimbulkan ketidakpastian dan kebimbangan. Seseorang yang tidak yakin dengan apa yang dilakukannya tentu akan menimbulkan kebimbangan yang akhirnya merusak tindakannya itu. Tetapi beda lagi dengan orang yang sudah yakin dan mempunyai landasan, mereka akan lebih yakin dan percaya diri untuk melakukan setiap tindakannya.

    ReplyDelete
  30. Hima Naili Hidayah
    19701251004
    PEP A S2

    Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
    Dari uraian tersebut dapat di ambil makna bahwa untuk mencapai tujuan tidak cukup dengan apa yang tampak saja. Namun kita juga harus memperhatikan yang tidak tampak
    Terkadang hal-hal yg kecil dan remeh, sebenarnya yang utama. Untuk itu keduanya harus berimbang agar apa yang di harapkan mencapai tujuan dengan baik dan memberikan manfaat dalam perjalanannya.
    Terima kasih prof.

    ReplyDelete
  31. Ratna Hidayah
    19706261007
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum, wr.wb

    Mencapai kebahagiaan dalam hidup merupakan tujuan hidup manusia di dunia ini. Dan manusia memiliki akal pikiran serta kemampuan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Melalui akal pikiran manusia dapat memiliki pengetahuan yang dapat mengahasilkan temuan inovasi, contohnya teknologi. Namun cerdas akal pikiran manusia juga memiliki kelemahan yaitu sulit mengerti dengan pertanyaan: “manusia berasal dari mana? mengapa manusia hidup, jika akhirnya nanti mati? Bagaimana manusia setelah mati?”. Dengan ketidakmampuan akal pikiran tersebut, maka manusia memerlukan petunjuk yang dapat memberikan bimbingan dalam agar memiliki ketenangan jiwa yang merupakan factor utama bagi penentu kebahagiaan hidup yang disebut landasan hidup. Apabila manusia memiliki landasan hidup, manusia akan memahami diri, menyadari diri, paham arah tujuan hidup dan peka terhadap lingkungan dan tentunya menjadi makhluk yang bertakwa kepada Tuhan.

    ReplyDelete
  32. Anna Isabela Sanam
    19701251001
    S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (2019)

    Dari percakapan singkat ini saya menyimpulkan bahwa tiada seorangpun hidup di dunia ini tanpa adanya landasan, karena jika tak memiliki landasan maka hidup manusia itu kosong. Kosong iman, pikiran, hati, keseimbangan hidup, moral dan masih banyak. Pelajaran hidup dari tulisan ini adalah sangat penting memiliki fondasi hidup sehingga tujuan hidup dapat lebih bermakna. Tujuan – tujuan hidup itu terdapat dibalik fondasi tersebut, oleh karena itu, sangat penting memiliki landasan hidup yang kokoh yang tidak dapat digoyahkan apapun.
    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  33. Hermawan Wahyu S
    Dikdas S3
    19706261012
    Asalamualaikum Wr Wb
    Kehidupan merupakan sebuah proses yang disepanjang perjalanannya mebutuhkan tumpuan atau landasan. Landasan kehidupan ini jika kita ingin melakoni kehidupan sesuai dengan baik sesuai norma atau aturan yang ada. Apabila kita hidup tanpa berlandasakan, maka barang tentu akan tidak sesuai dengan norma yang ada dan pastilah kita tidak bisa diterima oleh masyarakat.
    Wasalamualaikum.

    ReplyDelete
  34. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A
    Landasan memang perlu dimiliki setiap individu supaya dalam menjalani kehidupan memiliki arah dan tujuan, tidak menyimpang dari norma yang ada. Termasuk landasan dalam berperilaku yaitu dari pikiran dan hati. Apabila kita dalam berperilaku kurang menyenangkan, membuat orang sakit hati maka bisa dikatakan pikiran dan hati kita terkontaminasi hal yang buruk. Sebaliknya, apabila kita berperilaku santun dan sesuai dengan norma maka pikiran dan hati kita masih kita jaga dari keburukan. Oleh karena itu, penting kita mengajarkan tentang baik dan buruk sesuatu seperti perilaku sejak dini kepada anak supaya anak dapat menilai dan membedakannya sehingga terbentuklah kepribadian atau karakter yang baik sejak dini.

    ReplyDelete
  35. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019
    Bismillah,
    Landasan merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki. Uraian bapak di atas membuka polapikir saya mengenai apa itu “landasan”. Saya sependapat dengan pernyataan bapak bahwa landasan adalah suatu hierarki yaitu bertingkat-tingkat. Seperti pada saat belajar matematika, suatu konsep dilandasi atas pengetahuan konsep lainnya sehingga pembelajaran menjadi saling terkait. Begitupun dalam konsep ibadah. Setiap amal yang kita kerjakan berlandaskan doa, doa dilandasi oleh keyakinan terhadap Allah Swt. Manusia yang hidup tanpa landasan ibarat bangunan yang berdiri di atas pasir yang sewaktu-waktu bias roboh.

    ReplyDelete
  36. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Dalam artikel ini saya belajar bahwa segala sesuatu memiliki landasan, tanpa landasan yang benar maka suatu urusan bisa menjadi tidak lancar. Melihat segala hal dari sisi fisik dan metafisik. Selain belajar tentang pentingnya sebuah landasan, saya juga belajar tentang adab atau sopan santun saat berdiskusi dengan orang lain.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  37. Artikel ini mau menjelaskan bahwa segala sesuatu di dunia ini memiliki sumber.jadi landasan yang dimaksud Itu adalah sumber. Sumber bisa digolongkan pikiran, hati, dan benda. Untuk tindakan manusia berlandasan pada pikiran karena sumbernya adalah pikiran dan kepercayaan pada Tuhan bersumber pada keyakinan. Hubungan yang baik dengan orang lain bersumber pada kepercayaan dan saling menghormati.

    ReplyDelete
  38. Choirul Amri
    (19709251078) Pendidikan Matematika Kelas D 2019

    Bismillah, landasan menurut saya bermakna pijakan, dimana sesuai dengan namanya pijakan atau yang dipijak yang jadi tumpuan dan kekuatan atau pedoman, oleh karenanya landasan bersifat harus kokoh pula, karena bagaimana diatasnya dapat berjaya, sukses, tegak jika yang mengangkatnya tidak kuat . Olehnya segala sesuatu dapat berdiri dengan tegak, dapat berdiri dengan kokoh.
    Lalu menyoroti percakapan dalam tulisan Bapak diatas, bahwa terdapat hidup yang berlandasan dan yang tidak berlandasan. Maka landasan tertinggi menurut saya dalam hidup adalah petunjuk dan pedoman hidup itu sendiri yaitu agama yang diatur oleh Tuhan Yang Maha Esa Allah Subhanawataala yang diberikan kepada manusia dalam bentuk kitab suci Alquran dan sunnah nabi bagi saya seorang muslim. Maka orang yang tidak menjalankan apa yang dipercayainya maka dialah yang tidak memiliki landasan hidup, karena landasan selain tumpuan juga tersimpan tujuan didalamnya, bahwa tujuan dari hidup adalah untuk hidup kembali dengan bahagia di surga yang kekal abadi dimana dapat hanya dapat terealisasi jika menjalankan hidup di dunia sesuai aturan.

    ReplyDelete
  39. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    esensi landasan sebagai tempat bertumpu atau titik tolak atau dasar pijakan merupakan bagian terpenting untuk mengawali segala sesuatu sehingga sesuatu yang dilakukan atau terlakukan haruslah memiliki landasan.

    ReplyDelete
  40. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D
    Dalam kehidupan manusia harus memiliki landasan, banyak hal yang dipaparkan dari artikel ini terkait kehidupan dan landasannya. Apapun tujuan dan landasannya semua bermuara atau berakhir pada agama, doa dan moral.

    ReplyDelete
  41. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dalam kehidupan, semua tindakan yang dilakukan mempunyai landasan. Landasan dapat dimaknai sebagai suatu pedoman yang mendasari. Berikut adalah beberapa contoh landasan kehidupan secara normative yang disampaikan oleh Semar pada tulisan ini. Landasan Agama adalah iman. Landasan keluarga adalah pernikahan. Landasan pikiran adalah hati. Landasan ucapan adalah pikiran dan hati. Landasan tindakan adalah pikiran dan hati. Landasan moral adalah Agama, budaya dan adat istiadat.

    ReplyDelete
  42. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Secara fisik, untuk membangun sebuah gedung membutuhkan pondamen. Namun secara metafisik juga membutuhkan niat, doa, manfaat, tujuan, dana, teknologi, ilmu, etik, estetika. Jadi sebaik-baiknya landasan, yang paling utama adalah landasan doa. Karena Allah adalah sebaik-baik Zat yang menempatkan, dan dapat menolong hambanya ketika mengalami kesulitan.

    ReplyDelete
  43. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Assalamualaikum Wr.Wb
    landasan merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan. Manusia atau sekelompok manusia harus memiliki landasan dalam menjalankan kehidupan, ataupun berbuat sesuatu. Dari penjelasan prof diatas, landasan mempunyai hierarki. langkah awal yang kita kerjakan merupakan landasan awal yang akan berhubungan dengan langkah selanjutnya dan akan membentuk landasan baru yang saling keterikatan dengan landasan sebelumnya. Dalam beribadah, berdoa atau berbuat kebaikan. kita sebagai umat beragama mempunyai landasan yaitu keyakinan atau iman bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan akan menerima balasannya dari yang punya alam semesta ini yaitu Allah SWT. Dalam konteks bernegara, Indonesia mempunyai landasan yaitu pancasila dan UUD 1945.

    ReplyDelete
  44. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Saya setuju dengan apa yang dikatakan Semar bahwa hidup manusia hanya ada dua macam berlandasan dan tidak berlandasan. Berlandasan juga berarti kita memiliki tujuan hidup dan tidak berlandasan artinya kita tidak memiliki tujuan hidup. Kita beragama karena kita ingin beriman kepada yang Maha Kuasa. Kita ingin menikah karena bertujuan untuk berkeluarga. Kita berpikir karena digerakkan oleh hati atau perasaan dan selanjutnya. Namun yang menjadi tantangan dari landasan tersebut adalah apakah landasan itu cukup kokoh? Apakah tujuan atau alasan itu cukup kuat atau yang sebenar – benarnya?

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  45. hanifah nabila hendral
    19701251003
    S2 PEP A

    Assalamulaikum
    hidup manusia harus memiliki landasan. seperti yang dikatakan oleh Semar, landasan agama adalah iman, landasan keluarga adalah pernikahan,landasan pikiran adalah hati, landasan ucapan adlah pikiran dan hati, landasan tindakan adalah pikiran dan hati. jika hidup kira tidak berlandasakan pastilah hidup kita kacau balau. saya pribadi menganggap landasan seperti layaknya aturan. jika ingin memiliki keluarga maka haruslah menikah, jika kita bergama haruslah kita beriman, jika kita mau bertindak haruslah dengan pikiran dan hati.

    ReplyDelete
  46. Alfiana Dewi
    S2 PEP 2019
    19701251005

    Assalammualikum
    Setelah membaca artikel dari prof. saya menarik suatu kesimpulan bahwa apapun yang kita lakukan dalam urusan dunia bahkan akhirat harus memiliki suatu landasan. Dimana landasan itu dijadikan pondasi awal agar semua yang kita lakukan tidak sia-sia bahkan sampai membuat kesalahan hingga akhirat.
    landasan merupakan hal yang paling mendasar untuk mensingkronisasikan antara hati,pikiran,ucapan,tindakan, dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  47. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Landasan merupakan alas/dasar/tumpuan. Bagi saya segala sesuatu haruslah berlandaskan, jika tidak maka tidak bisa berdiri dengan kokoh. Landasan dapat menjadi alasan seseorang untuk tidak menyerah dan bertahan untuk mencapai tujuan, landasan juga dapat membantu seseorang ke arah yang lebih baik. Berdasarkan tulisan diatas, Semar mengatakan bahwa hidup manusia itu ada 2 yaitu yang berlandaskan atau tidak berlandaskan. Seseorang yang hidupnya berlandaskan memiliki arah tujuan yang jelas dan memiliki pegangan dalam hidupnya, berbeda dengan seseorang yang hidupnya tidak berlandaskan. Salah satu kutipan yang saya suka mengenai landasan adalah, "Kekuatan untuk mempertanyakan adalah landasan dari semua kemajuan manusia. - Indira Gandhi". Mempertanyakan segalanya adalah alasan kuat kita untuk terus belajar dan melakukan pembaharuan dalam kehidupan ini. Semakin kita bertanya kita akan semakin menemukan berbagai hal baru yang akan dapat semakin menguatkan landasan/pondasi kita dalam mempelajari alam semesta ini.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  48. Assalamualaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    PEP S2 A 2019

    Berbagai aspek kehidupan itu terdapat landasan yang dapat dijadika sebagai patokan dan pedoman untuk aspek tersebut. Landasan itu berperan penting dalam menjalani kehidupan manusia karena manusia memiliki sandaran dalam hidup sehingga kehidupan semakin terarah prosesnya.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  49. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Apa fungsi dari landasan? Adalah patokan untuk mencapai tujuan yang baik. Tujuan yang baik harus didasari dari yang baik pula. Landasan adalah bekal, yang menentukan berhasil atau tidaknya sebuah perjalanan nantinya. Landasan ibarat sebuah langkah pertama, yang menentukan langkah-langkah selanjutnya. Langkah kedua, ketiga, dan seterusnya ada, setelah adanya hentakan pertama. Landasan ucapan adalah pikiran dan hati. Landasan adalah bahan dasar. Bahan dasar bagi kehidupan manusia adalah pikiran dan hati. Landasan dalam beragama adalah kepercayaan, keyakinan, atau keimanan. Landasan menentukan kuat tidaknya sebuah struktur bangunan. Bangunan dari dimensi secara fisik maupun metafisiknya.

    Terimakasih Prof...

    ReplyDelete
  50. Hanifah nabila hendral
    S2 PEP A 2019
    19701251003
    Assalamualaikum
    Landasan berarti bantalan atau paron. Setiap unsur kehidupan di dunia ini pasti memiliki landasan. mulai dari terkecil seperti tindakan hingga yang terbesar agama. Hidup harus memiliki landasan. seperti yang semar bilang, landasan agama adalah iman,jika dalam beragama kita tidak beriman, tentu kita menjadi manusia yang kacau. Landasan keluarga adalah pernikahan, di Indonesia tidak mungkin jika ingin membentuk keluarga tanpa adanya pernikahan, landasan pikiran adalah hati, karena setiap kita berpikir kita harus menggunakan hati kita. Jadi, dapat disimpulkan tidak ada unsur dari kehidupan manusia yang tidak memiliki landasan.

    ReplyDelete
  51. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C

    Landasan, landasan erat kaitannya sama dasar. Pondasi yang kuat maka akan mampu menampung bangunan yang kokoh. Pondasi diri itu balik lagi ke hati, pondasi untuk 3 latai namun didirikan 7 lantai yaa ambruk. Payah. Begitu juga manusia, apa yang kita ucap, apa yang kita lakukan balik lagi ke hati, tanyakan apakah pantas? Apakah baik? Apakah layak? Memang apa-apa itu akan diberikan sesuai kebutuhan kita, sesuai porsi kita agar tidak ambruk. Tidak serakah, sombong, dan tamak. Dan landasan hidup terbaik manusia adalah “melaksanakan perintah Tuhan dan menjauhi larangannya”

    ReplyDelete
  52. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Disini yang bisa saya pahami adalah bahwa melakukan sesuatu tanpa landasan yang jelas seperti apa tujuannya, untuk siapa, bagaimana manfaatnya dan sebagainya itu kurang pas saja rasanya. Sesuatu hal yang dilakukan tanpa landasan maka akan terasa sia sia dan tidak jelas mau dibawa kemana arah dan tujuannya. Alangkah baiknya kita tetap mempertahankan dan memegang teguh landasan kita masing masing untuk membuat hal hal yang positif dan bermanfaat. Terima kasih.

    ReplyDelete
  53. Achmad Rante Suparman
    19701261010
    PEP S3 2019


    Assalamualaikum Wr Wb.
    Terima kasih atas tulisannya yang sangat mencerahkan Prof.

    kutip sebagian tulisan Prof "Landasan pikiran adalah hati. Landasan ucapan adalah pikiran dan hati. Landasan tindakan adalah pikiran dan hati"
    Berpikir melibatkan hati, berbicara dan bertindak melibatkan pikiran dan hati.

    Dalam berbicara dan bertindak melibatkan pikiran (hati) dan hati, artinya hati memegang peranan penting (landasan penting) dalam berbicara dan bertindak.

    Banyaknya orang yang tersinggung dengan ucapan dan tindakan kita karena tidak berlandasakan pada hati.

    ReplyDelete
  54. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Matematika pun mempunyai landasan. Dalam matematika, landasan berfungsi untuk memperkokoh, menyokong atau menopang bangunan matematika. Serta sebagai sarana yang diperlukan untuk 'merenovasi' bangunan matematika itu sendiri. Unsur pokok landasan matematika ada dua yaitu Logika Matematika (atau yang biasa disebut Symbolic Logic) dan Teori Himpunan (Set Theory). Logika matematika adalah ilmu yang mempelajari dan merumuskan secara sistematis kaidah-kaidah matematika. Teori Himpunan adalah ilmu yang mempelajari mengenai sekumpulan objek, khususnya objek matematis, yang terdefinisi jelas.

    ReplyDelete
  55. Jupriyanto
    Pendidikan Dasar S3
    19706261006

    Assalamualaikum.. Niat merupakan landasan, iman merupakan landasan. Menguatkan keimanan dan niat yang baik dalam melakukan sesuatu merupakan landasan dalam diri. Ketika landasan iman dan niat kuat, lisan akan terjaga, sikap akan terjaga, dan hati yang selalu terjaga. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  56. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Landasan bisa diartikan pijakan, dimanapun dan bagaimanapun keadaan kita ssat ini jika tidak berpijak maka akan timbul sifat-sifat sperti sombong dan angkuh, karena kita akan melupakan darimana kita berasal dan dariman kita bisa sampai ke tahap sekarang.

    Seseorang dengan landasan atau pijakan yang kuat belum tentu tegak, karena godaan tidak hanya dari bawah melainkan dari samping dan atas. Agar tetap terjaga, maka kita harus waspada dari arah manapun.

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  57. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb

    Dari artikel yang saya baca dapat saya simpulkan bahwa, Landasan adalah sebuah dasar dan pedoman dalam kehidupan. Niat adalah suatu landasan dari awal perbuatan. Semua perbuatan tergantung kepada niat awalnya.

    ReplyDelete
  58. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Landasan adalah pondasi/ penyangga dalam melakukan apapun. Niat dan do’a dua hal yang wajib dilakukan pertama kali saat akan melakukan suatu hal. Karena dengan niat yang tulus dan berdo’a atas izin Alloh SWT, maka segala hal yang akan kita lakukan akan mendapat berkah dan dilancarkan. Sejatinya, semakin kuat landasan yang kita bangun, maka semakin kuat pula kita dalam menghadapi segala persoalan baik yang bersifat jasmani maupun rohani.

    ReplyDelete
  59. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019
    Landasan dapat diartikan dasar, awal, titik tumpu, dan lain-lain. Dari percakapan di atas, dijelaskan arti sebuah landasan dalam setiap aspek kehidupan. Sebagai umat beragama, saya percaya bahwa setiap landasan dalam kehidupan memiliki landasan utama yaitu Agama. Agama merupakan sebuah landasan yang pokok dalam membangun landasan-landasan lainnya.

    ReplyDelete
  60. Dea Armelia
    19709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Landasan adalah dasar tempat berpijak atau tempat di mulainya suatu perbuatan. Manusia harus memiliki landasan dalam proses hidupnya untuk memberi petunjuk bagaimana harus bertindak serta perbuatan-perbuatan mana yang harus dijalankan dan perbuatan mana pula yang harus dihindari apabila tidak ada landasan hati manusia kurang damai dan kurang tentram.

    ReplyDelete
  61. Wiwin Mistiani
    19701261011
    PEP S3 2019
    assalamualikum Prof..
    landasan dapat diartikan awal, pondasi. salah satu landasan umat islam adalah Al quran yang mengajarkan bagaimna menjalani hidup yang di ridoi oleh Allah. Allah juga mengajarkan kepada umatnya utuk mengawali sesuatu dengan niat yang baik agar kehidupan kita menjadi berkah. oleh karena itu landasan itu sangat penting untuk membimbing kita dalam hidup dan kehidupan ini.

    ReplyDelete
  62. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dari artikel ini bisa diambil hal yang menarik. Hal menarik yang ada di arikel ini adalah segala sesuatu haruslah mempunya landasan atau pondasi. Manusia ada dua tipe yaitu berlandasakan atau tidak berlandasakan. Alangkah baiknya jika harus mempunyai landasan. Apakah cukup hanya sekedar landasan? Tentu saja tidak. Landasan yang kita perlukan tentu bukan sembarang landasan, landasan yang diperlukan adalah landasan yang kuat, mampu bertahan lama, dan tidak mudah goyah.

    ReplyDelete
  63. Hidayatul wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Dari elegi di atas bahwa, dalam hidup manusia hanya ada 2 macam berlandaskan atau tidak berlandasan. Landasan sendiri menjadi awal dalam kehidupan dan menjadi nahkoda berlayarnya kehidupan. Ketika manusia memilih untuk berlandasan maka manusia sedang berlayar dengan nakhodanya adalah landasan yang berupa tujuan. Sedangkan ketika manusia memilih untuk tidak berlandaskan maka manusia sedang berlayar tidak tahu arah berlayarnya karena dia tidak punya nakhoda untuk mencapai tujuan mana. Landasan itu bisa berupa fisik dan bisa berubah dibalik fisik (metafisik).

    ReplyDelete
  64. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019

    Setiap insan manuasi harus memiliki landasan dalam hidupnya, karena landasan adalah dasar yang harus kita miliki agar kita tidak goyah dalam menjalani kehidupan sebagai insan manusia. Sebagai umat muslim salah satu landasan hidup kita tentunya adalah Al Quran dan As Sunah. Selanjutnya dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan penjabaran dari Prof. MARSIGIT, Landasan dalam pergaulan adalah etik, estetika, moral dan Agama. Karena sebagai manusia kita harus bisa saling menghargai sesama dan tidak lepas dari keyakinan kita kepada sang pencipta yaitu dari Agama. Karena kehidupan ini akan seimbang apabila kita bisa menjaga keharminisan antara sesama, alam dan sang pencipta. Sehingga kita memiliki landasan hidup yg baik untuk selalu menjadi insan manusia yang baik.

    ReplyDelete
  65. Landasan metafisik seringkali terlupakan karena orang lebih mudah melihat wujud/kebendaannya saja. Padahal landasan metafisik (landasan laten atau yang tersembunyi) ini juga sama pentingnya. Dalam kasus ini dicontohkan secara eksplisit pembangunan gedung, namun lebih luas dari itu adalah pembangunan manusia seutuhnya. Landasan yang digunakan untuk menunjang kehidupan manusia haruslah kokoh sehingga bisa menjadi tumpuan yang tak tergoyahkan. Agama menjadi landasan manusia untuk mengarungi kehidupan.

    Ikhsanudin (PEP-S3/19701261001)

    ReplyDelete
  66. Tri Effiyanti
    19701261007
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 2019

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Hidup manusia hanya ada 2, berlandasan atau tidak berlandaskan. Hidup yang punya landasan akan kokoh dan tegak dalam mengarungi kehidupan. Seperti landasan Agama adalah Iman. Manusia yang tidak punya landasan, berarti ia tidak mempunyai iman. Dan manusia yang tidak punya iman, cenderung berbuat sesuka hatinya. Tidak ada batasan akan tindakan yang dilakukannya. Bisa menjadi brutal, pencuri, pembohong, penipu dan sebagainya. Manusia yang seperti itu bahaya untuk manusia lainnya. Sekaligus bisa juga jadi jalan dakwah bagi manusia lainnya. Manusia yang punya landasan akan lebih berkah hidupnya. Semoga kita selalu mempunyai landasan dalam setiap keputusan yang kita buat.

    ReplyDelete
  67. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Setelah membaca artikel dari prof. saya menarik suatu kesimpulan bahwa apapun yang kita lakukan dalam urusan dunia bahkan akhirat harus memiliki suatu landasan. Dimana landasan itu dijadikan pondasi awal agar semua yang kita lakukan tidak sia-sia bahkan sampai membuat kesalahan hingga akhirat. Dan pada hakikat manusia harus memiliki landasan dalam hidupnya, karena dengan landasan seseorang akan tahu petunjuk atau arah hidupnya kemana. Sebaik-baik landasan hidup adalah Al-Qur'an dan As Sunnah, karena landasan tersebutlah yang merupakan jalan keluar atau solusi dari setiap permasalahan kehidupan dan landasan merupakan hal yang paling mendasar untuk mensingkronisasikan antara hati,pikiran,ucapan,tindakan, dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  68. Muh. Asriadi AM
    19701251008
    PEP A 2019
    Di artikel ini saya memahami bahwa Landasan bisa juga disebut fondasi. Dalam melakukan segala sesuatu kita harus memiliki landasan atau fondasi yang menyertai nya minimal kita memiliki alasan mengapa kita begitu atau mengapa kita melakuan seatu tindakan. Landasan menjadi dasar dari segala sesuatu. Landasan agama adalah iman. Jika dalam beragama tidak memiliki iman maka akan gampang goyah. Dengan kata lain, landasan adalah Pondasi untuk membentuk suatu Teori agar tampak lebih menarik untuk dikembangkan dan di jadikan acuan sebagai sumber pemahaman. Dalam konteks kehidupan, manusia memiliki tujuan. Untuk mencapai itu, dibutuhkan pegangan, pedoman, atau landasan. Landasan yang paling urgen adalah iman. Kerana dengan itu manuasia akan bisa menjalani hidupnya dengan baik

    ReplyDelete
  69. Nani Aprilia
    19701261016
    s3 PEP

    Landasan adalah pondasi/dasar dalam menjalani kehidupan harus kita miliki. sebagai seorang muslim landasan/fondasi yang harus kita miliki adalah Al-Quran dan sunnah yang tercermin dalam keimanan dan ketakwaan kita kepada ALLAH sehingga ketika kita melalkukan segala sesuatu yang tidak sesuai dengan fondasi kita memiliki benteng pertahanan. ketika kita mengembangkan sesuatu di bidang keilmuan kita , kita butuh landasan sebagi pijakan yang kuat, misalnya kita akan membuat sebuah riset landsan teori yang kita miliki harus kuat sehingga dapat mengarahkan kita nantinya pada temuan penelitian yang sesungguhnya dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  70. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Landasan dapat diartikan macam-macam tergantung sudut pandang kita melihat. Lebih sederhananya, kata "landasan" dapat diartikan sebagai pedoman/dasar. Sesuai yang disampaikan oleh Prof bahwa manusia manusia itu ada dua macam yaitu berlandaskan dan tidak berandaskan. Menurut saya, manusia yang berlandaskan adalah manusia yang selalu memiliki pedoman dalam menjalani hidupnya. Seperti menurut sisi agama Islam, untuk menjalani hidup harus berlandaskan Al-Quran dan Al-hadis maka kita tidak akan tersesat. Sedangkan manusia yang tidak berlandaskan yaitu manusia yang tidak memiliki pedoman dalam menjalani hidupnya, hanya mengikuti arus yang ada.

    ReplyDelete