Sep 25, 2017

*LANDASAN*



Oleh Marsigit

*Mbilung*: _Landasan_ itu apa Gog?

*Togog*: Filsafat lagi. Arahmu itu mau ke mana?

*Mbilung*: Kemarin Semar bicara _bongkot pucuk_, bukankah _landasan_ itu juga termasuk _bongkot_.

*Togog*: Silahkan tanya langsung saja ke Semar.

*Semar*: Uhei...hidupnya manusia itu hanya ada 2 macam: _berlandaskan_ atau _tidak berlandasan_.

*Mbilung*: Lha ini baru menarik. Terus Mar, terus.

*Semar*: Landasan Agama adalah iman. Landasan keluarga adalah pernikahan. Landasan pikiran adalah hati. Landasan ucapan adalah pikiran dan hati. Landasan tindakan adalah pikiran dan hati. Landasan gedung adalah pondamen. Landasan langit adalah bumi. Landasan teman adalah saling menghargai. Landasan birokrasi adalah tugas dan kewajiban. Landasan moral adalah Agama, budaya dan adat istiadat. Landasan pergaulan adalah etik, estetika, moral dan Agama. Landasan aktivitas adalah niat, doa, ilmu dan pengalaman. Landasan pengalaman adalah niat, sikap, ilmu dan ketrampilan. Landasan sosial adalah rasa saling hormat dan percaya. Landasan perdamaian adalah saling mengerti. Landasan kesehatan adalah keseimbangan. Landasan kebahagiaan juga keseimbangan. Landasan cinta adalah sayang. Landasan sayang adalah memberi. Landasan memberi adalah moral. Landasan moral adalah Agama.

*Mbilung*: Landasan gedung apakah hanya pondamen?

*Semar*: Uhei..itu pertanyaan metafisik. Metafisiknya landasan itu berstruktur berhirarki. Membangun gedung itu landasan fisiknya pondamen, tetapi landasan metafisiknya meliputi: _niat, doa, manfaat, tujuan, dana, teknologi, ilmu, etik, estetika_.... dan lain masih banyak lagi.

*Bagong*: Lho saya bikin rumah tak pakai landasan macam macam. Langsung ceb gitu saja kok repot.

*Petruk*: Itu kan kamu Gong. Rumah itu macam macam: rumah bedeng, rumah gubug, rumah pribadi, rumah kantor, rumah ibadah, rumah penjara. Gedung saja macam macam: tingkat 1, 2, 3 dst. Dari fungsinya: gedung sekolah, kampus, mall, hotel, dst.

*Bagong*: Aku sudah tahu, kaya gitu kok diberitahu. Saya bikin warung ceb, ya dadi. Anakku masuk warung langsung klojot klojot kesurupan.

*Petruk*: Lha itu berarti warungmu tidak pakai landasan doa.

*Bagong*: Bikin gedung kok pakai acara peletakan batu pertama Mar?

*Semar*: Uhei... acara peletakan batu pertama mempunyai makna dan manfaat yang banyak. Makna spiritual, makna sosial, makna pikiran, makna hati, makna pergaulan, makna informasi, makna perjanjian kerja, kesepakatan, dukungan, biaya, manfaat, dst...masih banyak lagi.

*Bagong*: Nek aku watune ya ming gur tak glundhungke ra wis.

*Gareng*: Kere ki! Omonganmu ora dloma dlame Gong. Di jawab dituruti alus alus, sopan sopan, lambemu dleweran. Manungsa kuwi sing diregani apane, nek ora cuuuaangkeme. Ngomong ya ngomong, ning ya delok karo sapa. Ngerti nek ora sopan, kok diterus teruske. Lha apa kowe niyat arep bunuh diri ya ha a? Parepatan iki dirawuhi nata Ngamarta, kabeh satriyo ya ana. Kabeh pada gegulang kawruh kabecikan, tata krama lan tata susila. Kowe gur lagi bisa takon wae wis umuk. Trima rama Semar, trima ndara Janaka, aku ya mrekitik.

*Petruk*: Uwis Reng. Wah Gareng nesu tenan. Sabar sabar.

*Bagong*: Lha iya Truk, salahku apa wong gur ngomong. Takon ya bebas ta. E sapa ngerti watu gedhe dikorupsi dadi watu cilik. Watu cilik dikorupsi dadi krikil. Krikil dikorupsi dari pasir?.
*Petruk*: We lha dalah nggempungke pikir cah ki. Pikiran lan atimu kepranjingan apa Gong? Arepa gur takon, bisa dirasake kaya nudhuh. Arepa gur wanti wanti bisa dirasake kaya ngarani. Mula lambemu doble kuwi pancen dinggo nyinyir. Apa ora bisa omong sing becik becik ben gawe tentreme atine liyan. Nek ngomong kok tansah nglarani atine liyan. Kuwi kowe jenenge kena sengkala. Watuk bisa ditambani ning nek watak ora bisa. Atimu ana syaitane Gong. Nau dhubilah mindalik. Donga Gong. Istigfar Gong.

*Semar*: Ehue...uwis uwis, pancen drajate Bagong ya ming semana. Rasah digateke Bagong. Wis ayo pada donga, muga muga ndaramu, kasengkuyung aku kowe kabeh, lhe arep mbangun gedung pasinaon, bisa tansah diayomi dening Pangeran.
Li Ridho illahi ta'ala...
Alfatehah
Rabbi anzilnii munzalan
mubaarakan wa anta
khairul munzillin. Allahumma innii a'uudzubika min syarrimma shana'tu wa min syarri kullidzii syarrin. Laa haula wa lla quwwata illaa billah.
Wahai Tuhanku, tempatkanlah aku di tempat yang diberkahi, dan Engkau adalah sebaik-baik Zat yang menempatkan. Wahai Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan apa yang aku buat, dan dari kejahatan semua yang jahat. Tak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.
Aamiin aamiin ya Robbul alamin.

END

161 comments:

  1. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak yang sudah mengingatkan karakter lebih utama dari segalanya. Kemudian, tersirat untuk menjaga mulut dari perkataan-perkataan yang tidak berfaedah. Saya menjadi teringat akan ungkapan ini "mulutmu harimaumu". Sangat menyeramkan ketika kita melontarkan kata-kata. Berbicara secara ceplas ceplos juga menandakan kurangnya ilmu dalam diri seseorang. Hal ini dikarenakan perkataan merupakan bagian dari sebuah pemikiran. Sejauh kata yang diucapkan dapat mencerminkan sejauh mana kemampuan berpikir seseorang. Doa yang dituliskan di penghujung tulisan menurut saya memiliki makna yang luar biasa. Semoga Allah SWT selalu menyertai dalam setiap perkataan dan tindakan kita. Aamiin.

    ReplyDelete
  2. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari dialog ini yang kami pahami adalah hidup yang baik adalah hidup yang berlandaskan keimanan dan ketakwaan, hidup yang baik adalah hidup yang menghargai kesopanan dan norma yang berlaku pada masyarakat. Perbuatan yang baik adalah yang dilandasi oleh niat yang baik dan diiringi doa kepada Tuhan YME.

    ReplyDelete
  3. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP Kelas B 2017

    Terima kasih atas tulisan Bapak yang mengingatkan tentang landasan. Ya benar, hidupnya manusia itu hanya ada 2 macam: berlandaskan atau tidak berlandaskan. Namun, apa yang kita tanam itulah yang kita tuai, apa yang kita buat itu yang kita terima. Sesungguhnya hati adalah ladang, maka tanamlah ia dengan perkataan yang baik, karena jika tidak tumbuh semuanya (perkataan yang tidak baik) niscaya tumbuh sebagiannya.

    ReplyDelete
  4. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    S2 PEP Kelas B 2017

    landasan memiliki peran yang sangat fundamental. Landasan dari ilmu adalah filsafat, landasan dari filsafat adalah berpikir. Begitupun saat kita memainkan peran dalam kehidupan sosial; landasan moral adalah agama, landasan Negara adalah Pancasila dan UUD 1945, landasan sikap adalah pengetahuan. Segala hal pada diri manusia telah memiliki landasan, hanya saja bagaiman kita sebagai manusia dalam menjalani kehidupan senantiasa membuat kokoh pilar-pilar dari pondasi tersebut.

    ReplyDelete
  5. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Dalam hidup landasan memiliki peranan yang sangat krusial. Landasan yang berati dasar tempat berpijak dengan berpedoman pada suatu aturan atau norma. Misalnya landasan hidup dalam agama islam adalah Al-qur'an dan Al-hadits. Apabila kita berjalan sesuai landasan maka kita akan selalu berjalan pada ranah yang tepat. Maka dari itu apabila dasar kita kuat dalam membangun pondasi kehidupan maka tantangan demi tantangan akan dapat dilewati.

    ReplyDelete
  6. Junianto
    PM C
    17709251065

    Postingan ingkang sanget sae Prof. Wonten ing Ngayogyakarta ingkang tansah nguri-uri kabudayan Jawi temtu kemawon sanget njunjung tata karma, sopan santun, unggah ungguh, lsp. Kados paribasan ingkang nyebatakaen “ Ajining dhiri gumantung ing lati, ajining raga gumantung ing busana” cocok kaliyan ngendikane Gareng bilih tiyang badhe diajeni saking omongane. Landasan wonten ing postigngan Prof saged kulo pahami bilih sedaya wonten ing alam donya kedah nggadahi landasan. Badhe damel griya kemawon kedah ngati-ngati anggen damel landasan/ pondasi, nopo malih damel pondasi kangge pagesangan menika.

    ReplyDelete
  7. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Landasan diperlukan dalam segala hal. Semua yang dilakukan harus memiliki landasan. Melakukan sesuatu yang tidak berlandaskan seperti membangun bangunan tanpa pondasi.
    Landasan diperlukan untuk memperkokoh segala hal yang dilandaskan, dan sebagai pijakan atau awal dari sesuatu. Landasan seseorang memiliki struktur dan landasan yang paling mendasar dalam diri seseorang adalah spiritual.

    ReplyDelete
  8. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Kita hidup membutuhkan landasan untuk hidup. Walaupun landasan kita satu, tapi tidak bisa mengabaikan metafisik dari landasan yang kita acu. Karena pada dasarnya kita memang berlandasan kepada satu pijakan, namun yang menyebabkan adanya landaan tersebut juga harus diperhatikan pula. Jika kita hidup tanpa adanya landasan, kita akan hidup seperti dalam ombak kehidupan dimana kita tidak memiliki pijakan untuk melindungi dari ombak tersebut. Orang yang memiliki landasan juga bisa tergoda apalagi yang tidak memiliki landasan. Semoga landasan hidup kita kokoh sehingga memperkuat kita dari godaan-godaan yang ada di dunia ini. Aaamiiin
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  9. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Assalmualaikum Wr.Wb
    Landasan merupakan hal yang fundamental dari segala aspek kehiadupan. Dalam hidup kita harus memiliki landasan yang digunakan untuk menentukan arah tujuan hidup, dalam bertindak pula kita harus diikuti dengan landasan. Dalam meyusun landasar seseorangharus dibekali oleh penegetahuan dan keyakinan oleh karena itu manusia memerlukan pendidikan guna membentuk landasar dalam hidupnya juhfa yang tak kalah penting dari pembentuk landasan adalah fator lingkungan dan orang terdekat seperti orang tua. terima kasih.

    ReplyDelete
  10. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Amin,,,Landasan itu ibarat benteng, pondasi, atau penyangga agar tetap kokoh, tegah, tidak mudah runtuh, teguh pendirian, dan tetap berjalan pada koridor yang sebenarnya.Layaknya rumah maka landasannya adalah pondasi sebagai penyangga agar tidak mudah runtuh.Seperti Agama landasan iman.Sebagaimana iman menurut Imam Al-gazhali bahwasannya sesuatu yang diucapakan dengan lisan, kemudian dikukuhkan dengan hati dan diaplikasikan lewat perbuatan.Keluraga landasannya adalah pernikahan.Orang yang telah menikah berarti dia telah mengikuti sunnah Nabi, dan separuh dari agamanya telah sempurna.Landasan ucapan adalah pikiran dan hati.Sebagaimana bunyi sebuah hadits”bahwa di dalam tubuh manusia ada segumpal daging,apabila daging itu rusak maka rusaklah seluruh tubuhnya, yang demikian itu adalah hati.Wassalamuaalikum wr wb.

    ReplyDelete
  11. Jika hidupnya manusia hanya terdiri dari 2 macam landasa yaitu berlandaskan dan tidak berlandaskan. Sementara Landasan kehidupan manusia sendiri terdiri dari berbagai macam jenis. Misalnya saja dalam agama yang berlandaskan iman. Bukankah jika kita tidak beriman maka berarti kita tidak ber-Agama yang baik? Begitu pula untuk landasan-landasan lainnya dalam kehidupan. Jika tidak berlandaskan, maka apakah dapat kita mendirikan sesuatu? Tidak.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  12. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Terimakasih prof. telah menigatkan betapa pentingnya sebuah landasan dalam setiap kehidupan kita, tanpa landasan yang kuat maka tujuan yang akan dicapai tidak akan maksimal, apalagi tidak ada landasan sama sekali maka tidak ajkan ada tujuan yang jelas. sayang di akhir postingan diatas menggunakan bahasa jawa, jadinya saya tidak bisa memehami secara utuh postingannya, karna saya belum paam bahasa jawa.

    ReplyDelete
  13. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih. Terimakasih telah memberikan makanan bagi pikir dan rohani saya. Ternyata memang benar. Ternyata memang seharusnya. Bahwasannya landasan tidak melulu hal-hal fisik saja. Dan landasan, bahkan yang terpenting, adalah landasan metafisiknya. Maka untuk apa sesuatu ada dan diberadakan, kita harus tau landasan fisik dan metafisiknya. Landasan yang tidak terlihat sering kali disepelekan. Tapi harus tahulah diri ini, doa yang tak terlihat, selama ini telah menolongku. Memberi ketentraman, membawaku berbincang dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  14. Jika landasan bisa berupa yang fisik dan metafisik. Seingkali kita mengabaikan melihat hal-hal metafisik yang menjadi landasan. Misalnya dalam sebuah gedung yang memiliki landasan niat, doa, tujuan, dll. Apakah akan terbentuk sebuah gedung yang baik dan kokoh sesuai dengan keinginan yang direncanakan jika tidak memiliki landasan yang jelas?

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  15. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B

    Terimakasih pak atas postingan ini. Dengan postingan ini saya tahu bahwa makna dari sebuah landasan. Landasan adalah sebuah pijakan atau pegangan atau fondasi yang sangat penting dalam sebuah kehidupan. Seperti kita umat muslim punya landasan yaitu Keimanan Kepada Allah. Negara Indonesia punya Pancasila sebagai landasan. Sehingga dengan adanya landasan itu kita tidak mudah goyah atau jatuh terhadap gonjangan (tindakan jahat) dari dalam atau luar.

    ReplyDelete
  16. Riandika Ratnasari
    17709251043
    Pascasarjana Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Landasan merupakan hal penting dalam kehidupan. Landasan merupakan pegangan hidup setiap manusia. Kita mau melakukan apapun harus memiliki landasan agar kokoh. Ketika kita akan membuat rumah, salah satu landasan yang penting adalah doa. Landasan Bangsa Indonesia adalah proklamasi kemerdekaan, Pancasila, dan UUD 1945 yang didalamnya terkandung bahwa kita sebagai Bangsa Indonesia harus beribadah atau dengan kata lain harus memiliki landasan spiritual. Seperti di tuliskan dalam Pancasila sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Pada dasarnya landasan manusia hidup adalah Sang Pencipta. Terimakasih BapaK Marsigit.

    ReplyDelete
  17. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B (S2)

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Mengenai Landasan, memang seharusnya kita mempunyai landasan dalam kehidupan yang kita jalani. Ketika kita tidak mempunyai landasan maka kehidupan yang kita jalani akan tidak bearturan atau berantakan. misalnya ketika kita berbicara kepda seseorang harus lah dipikirkan dengan baik terdahulu, sehinga ungkapan yang kita keluarkan tidak lah sembarangan dan tidak menyakiti hati orang lain yang mendengarkannya. jika kita berfikir dangan baik makaa ucapan dan tindakan yang kita aplikasiakn juga baik, Ketika cara berfikir seaeorang baik maka ilmu pengetahuan yang ada pada seseorg tersebut juga baik, jadi landasannya adalah memiliki ilmu pengetahuan yang baik. Maka dari itu landasan sangat penting untuk menghasilkan hidup yang baik.

    ReplyDelete
  18. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Segala sesuatu yang kita lakukan harus punya landasan. Seperti yang diungkapkan Bapak di atas bahwa landasan tindakan adalah pikiran dan hati. Mengkombinasikan antara apa yang di pikiran dan apa yang ada di hati adalah landasan kita untuk melakukan sesuatu. Selain itu, juga disebutkan bahwa landasan aktivitas adalah niat, doa, ilmu dan pengalaman. Niat dan doa adalah landasan aktivitas yang bersumber dari hati, sementara ilmu adalah landasan yang bersumber dari pikiran.

    ReplyDelete
  19. Devi Nofriyanti
    17709251041
    Pps UNY P.Mat B 2017

    menarik sekali pak bahasannya, segala sesuatu yang berlandaskan hal baik maka insya Allah akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Landasan merupakan hal penting ketika kita akan bertidak, seperti bersedekah, berbuat baik terhadap sesama berlandaskan ibadah kepada Allah SWT dan insya Allah akan bernilai pahala di sisi-Nya. Bahasa jawa nya saya ga nyambung pak :D

    ReplyDelete
  20. Bagus sekali setelah pemikiran yang kita tuangkan, karena ini adalah hasil dari pemikiran manusia, yang tentu saja kita tidak tahu nilai kebenarannya dimata Allah SWT. karena setiap pendapat yang tertulis adalah kebenaran manusia yang menulis. Semoga jika menurut Allah SWT apa yang kita tulis adalah salah dimataNya, semoga kita diampuni.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  21. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Terima kasih atas pencerahannya, pak prof. Menurut saya, landasan adalah titik pijakan. Tanpa landasan tentunya kita tidak dapat bediri tegak, hidup kita akan ngawur tanpa arah dan tujuan. Sebagaimana bumi adalah landasan kehidupan bagi seluruh makhluk yang menghuninya. Begitupun dengan kehidupan spritual manusia, tentunya harus memiliki landasan. Landasan adalah pondasi. Ia adalah prinsip yang menjaga keharmonisan hidup. Dalam Islam, landasan kita berpijak adalah As Sunnah dan Al-Quranul Karim.

    ReplyDelete
  22. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Perihal kemistri yang bapak artika sebagai kesamaan atau dapat menjadi, saya ingin bertanya, apakah tidak kemistri dapat kita maknai sebagai kontradiksi? Kemudian apa perbedaan kontradiksi dengan paradoks? Terima kasih.

    ReplyDelete
  23. Nurika Miftahuljannah
    17709251060
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    Assalamu'alaikum wr. Wb.
    Landasan merupakan hal yang sangat penting dalam kita menjalani hidup. Akan tetapi, landasan metafisik lebih penting agar sesuatu yang kita lakukan menjadi keberkahan bagi semua. Tanpa landasan yang kuat kita akan roboh sebelum berdiri tegak. Seperti halnya ketika ingin membuat rumah, jika tidak ada pondasi yang kuat di dalam tanah maka sebelum rumah pasti akan sulit berdiri dengan kokoh apalagi jika rumah yang dibuat bertingkat-tingkat.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  24. Nurika Miftahuljannah
    17709251060
    PPs Pendidikan Matematika.
    Assalamu'alaikum wr. Wb.
    Landasan jika diaplikasikan dalam hidup manusia bagaikan pegangan saat kita berada dalam deburan ombak. Jika kita tidak memilki landasan, ketika kita memiliki kawan baru kemudian kawan baru kita tersebut mengajak kita dalam hal-hal buruk. Tanpa disadari pasti kita akan ikut dalam melakukan hal buruk tersebut. Jika kita sering melakukannya maka kita akan mendapat cap sebagai orang tidak baik dan kurang disegani di masyarakat. Sebaliknya jika landasan hidup kita kuat, saat ada kawan baru kemudian mengajak kita pada hal-hal yang kurang baik maka kita tidak akan mengikutinya. Kita punya pondasi atau prinsip yang kita yakini bahwa prinsip itu baik dan benar. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang memiliki pondasi yang baik serta kuat dalam menjalani kehidupan ini agar tidak mudah terbawa arusnya kehidupan yang mulai fana'. Aamiin
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  25. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Berbicara mengenai landasan, landasan merupakan pegangan bagaiman kita bertindak dan bersikap. Oleh karena setiap aspek kehidupan memiliki landasannya sendiri, atau dapat dikatakan sesuai dengan ruang dan waktunya. Termasuk dalam hal berbicara, bertanya dan bertata krama pun memiliki landasan. Dalam artikel ini di gambarkan tokoh Bagong yang tidak memiliki landasan dalam bertanya kepada Semar dan dalam menjawab pertanyaan hingga di cap oleh gareng bahwa bagong tidak memiliki tata krama dan tidak tahu diri. Inilah bukti bahwa landasan itu ternyata hal yang tidak boleh ditinggalkan karena landasan akan tergambar dari bagimana kita berpikir dan bertindak. Oleh karena itu, di akhir dikatakan oleh Semar bahwa "pancen drajat e Bagong yo ing semana"

    ReplyDelete
  26. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Segala aspek dalam kehidupan kita membutuhkan yang namanya landasan. Dimana dalam artikel sebelumnya Bapak mengibaratkannya dengan bongol atau bongkot. Sebagai umat manusia tentunya kita harus memahami pentingnya landasan ini dalam kihidupan. Misalkan saja landasan dalam beragama adalah iman, jelas sekali ketika akan melakukan segala hal yang berkaitan dengan ibadah maka perlu dan utamanya iman itu, jika tidak maka sia-sia lah ibadah itu. landasan juga dianalogikan sebagai pondasi sebuah rumah yang akan menentukan bangunan tersebut keatasnya. Dan ketika landasan tersebut sudah ada, tak hanya itu dalam prosenya kita harus terus membangun keatasnya dengan niat keikhlasan dan proses mengada dan pengada yang secara terus menerus.

    ReplyDelete
  27. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    terimakasih prof, landasan tindakan adalah pikiran dan hati, disini dijelaskan bahwa dalam bertindak kita tidak hanya memikirkan hal tersebut tapi juga merasakan dengan hati. Terkadang beberapa hal yang kita pikir bukan suatu masalah, bisa jadi hal tersebut menyakiti hati orang lain, tidak digunakannya hati kita dalam memutuskan bagaimana tindakan kita dapat menimbulkn kerugian diri sendiri dan orang lain.

    ReplyDelete
  28. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Landasan pendidikan diperlukan dalam dunia pendidikan khususnya di negara kita Indonesia,agar pendidikan yang sedang berlangsung dinegara kita ini mempunyai pondasi atau pijakan yang sangat kuat karena pendidikan di setiap negara tidak sama. Untuk negara kita diperlukan landasan pendidikan berupa landasan hukum, landasan filsafat, landasan sejarah, landasan sosial budaya, landasan psikologi, dan landasan ekonomi .

    ReplyDelete
  29. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Landasan merupakan suatu dasar pijakan terjadinya sesuatu. Landasan setiap hal berbeda-beda. Termasuk dalam landasan negara. Indonesia memiliki ideologi pancasila. namun Landasan yang paling utama adalah kenyakinan kepada Tuhan.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  30. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Setelah membaca artikel yang berjudul "Landasan" diatas saya dapat menarik kesimpulan bahwa setiap perbuatan yang manusia lakukan dibagi menjadi dua, perbuatan yang memiliki alasan atau perbuatan tanpa alasan. Dalam arti yang lebih luas setiap aspek dikehudupan juga dibagi menjadi dua berlandaskan atau tidak berlandasan. Landasan yang dimaksud disini tidak hanya sesuatu yang berwujud tetapi juga berupa sriritual seseorang yang dapat diimplementasikan dalam niat dan doa.

    ReplyDelete
  31. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Mengutip pernyataan prof Marsigit bahwa "Landasan cinta adalah sayang. Landasan sayang adalah memberi. Landasan memberi adalah moral. Landasan moral adalah Agama", dapat ditarik benang merah bahwa landasan cinta ialah agama. Dewasa ini banyak pasangan yang menikah dengan cinta sebagai alasan, namun pada akhirnya berpisah. Berangkat dari pernyataan tersebut, mungkin definisi cinta mereka berbeda dengan definisi yang dipaparkan oleh Prof Marsigit, cinta berlandaskan agama. Rasul SAW telah memaparkan kriteria pasangan yang dapat dipilih dan sebaik-baik kriteria yang diambil ialah karena agamanya. Perceraian bukanlah sesuatu yang haram, melainkan sesuatu yang dibenci Allah,namun semakin hari semakin marak terjadi. Bisa jadi cinta yang mereka pakai ialah cinta yang tidak berlandaskan agama. Seorang yang baik diperuntukkan bagi orang baik, seorang yang saleh diperuntukkan bagi orang yang saleh, serta seorang pezina diperuntukkan bagi pezina pula, sederhananya siapa kita, itulah cerminan pasangan kita. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  32. Hal lain yang tidak kalah menarik untuk diulas adalah landasan metafisik dari semua yang ada. Sering kali kita mengabaikan landasan ini, seperti doa dansebagainya. Diabaikannya landasan ini tentu mempengaruhi dalam membangun suatu pondasi, baik pondasi rumah, pondasi pertemanan, dan sebagainya. Walaupun ketiadaan landasan metafisik ini tidak dapat diamati secara langsung maupun dalam jangka waktu yang pendek. Dikatakan bahwa landasan pertemanan ialah saling menghargai, namun banyak sekali kasus dimana suatu pertemanan tidak didasari rasa saling menghargai, melainkan pemanfaatan sesaat demi kepentingan golongan tertentu. Terabaikannya landasan ini bisa jadi tidak terasa secara langusng, namun sesuatu yang dibangun dengan landasan yang kosong atau tidak semestinya akan tumbuh secara tidak semestinya pula.
    Lisan kita mampu menembus sesuatu yang tidak dapat ditembus oleh jarum, bahkan pedang. Oleh karenanya dalam menapaki kehidupan ini, amat penting bagi kita untuk mencaga lisan kita dari perkataan kotor atau perkataan yang tidak semestinya. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  33. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PM C 2017

    Assalamu'alaikum wr wb
    landasan merupakan suatu alas atau dasar pijakan dari sesuatu hal, suatu titik tumpu atau titik tolak dari suatu hal, atau suatu fundasi tempat berdirinya sesuatu hal. segala sesuatu pertama-tama harus berlandaskan pada hati agar tidak menyimpang pada akhirnya.
    Wassalamualaikum wr. wb

    ReplyDelete
  34. Vidiya Rachmawati
    17709251019

    Saya setuju bahwasanya landasan itu ya berlandaskan atau tidak berlandaskan. Namun saya memiliki pandangan sendiri mengenai landasan. Ibarat sebuah tumbuhan landasan itu adalah akarnya. Akar di sini menjadi sangat pokok untuk keberlangsungan hidup tumbuhan itu sendiri. Akar menjadi supplier makanan yang dibutuhkan bagian-bagian tumbuhan lainnya. Sebagai contoh bunga mawar yang sudah dipetik dia tidak mampu bertahan lama. Kenapa? Karena terputus dari akarnya. Otomatis terputus juga nutrisi penyambung hidupnya. Sama halnya orang yang tidak memiliki landasan, dia bagaikan mawar yang dipetik, hidupnya tidak lama. Bisa jadi fisiknya hidup, tapi tidak dengan jiwanya, tidak dengan hatinya.

    ReplyDelete
  35. Gamarina Isti Ratnasari
    Pendidikan Matematika Kelas B (Pasca)
    17709251036


    Landasan dapat diartika sebagai dasar tempat berpijak atau tempat di mulainya suatu perbuatan. Contohnya Landasan Agama adalah iman. Landasan keluarga adalah pernikahan. Landasan pikiran adalah hati. Landasan ucapan adalah pikiran dan hati. Landasan tindakan adalah pikiran dan hati. Landasan gedung adalah pondamen. Landasan langit adalah bumi. Landasan teman adalah saling menghargai. Landasan birokrasi adalah tugas dan kewajiban. Landasan moral adalah Agama, budaya dan adat istiadat. Landasan pergaulan adalah etik, estetika, moral dan Agama. Landasan aktivitas adalah niat, doa, ilmu dan pengalaman. Landasan pengalaman adalah niat, sikap, ilmu dan ketrampilan. Landasan sosial adalah rasa saling hormat dan percaya. Landasan perdamaian adalah saling mengerti. Landasan kesehatan adalah keseimbangan. Landasan kebahagiaan juga keseimbangan. Landasan cinta adalah sayang. Landasan sayang adalah memberi. Landasan memberi adalah moral. Landasan moral adalah Agama.Refleksinya adalah segala sesuatu memiliki landasanny masing-masing. Landasan merupakan hal yangpaling penting karena akan menentukan ke tahap selanjutnya. Oleh karena itu kita harus berhati-hati terhadap landasan yang kita pilih.

    ReplyDelete
  36. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah.
    Terimakasih prof. Marsigit atas tulisan di atas. Landasan adalah dasar atau tumpuan. Benar yang dikatakan Semar bahwa landasan ucapan dan tindakan adalah pikiran dan hati. Korelasi yang baik antara pikiran dan hati akan menghasilkan produk keluaran berupa ucapan dan tindakan yang tepat dan benar. Dalam konteks spiritualitas, landasan utama hidup adalah agama, landasan agama adalah iman, landasan iman adalah hidayah. Ketika kita sudah diberi hidayah olehNya, maka beriman lah kita kepada Nya. Ketika iman sudah ada di hati kita maka kita berkomitmen untuk menjalankan dan meyakini agama Nya. Ketika agama sudah kita genggam sebagai landasan hidup, maka pikiran dan hati kita akan selalu berpasrah dan bergantung kepada Sang Pemilik Agama yang haq. Mungkin fungsi dan tujuan landasan menjadi beragam sesuai pada ruang dan waktunya masing-masing. Namun, yang terpenting bagi manusia adalah segala yang kita jalani, yang kita putuskan, dan yang kita cita-citakan, hendaklah memiliki landasan dan pondasi yang kuat agar tidak hanya tercapai untuk kepentingan pribadi namun juga bermanfaat dan berdaya guna bagi sesama manusia. Wallahu’alam bishowab.

    ReplyDelete
  37. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Dari percakapan di atas saya memahami bahwa dalam kehidupan kita membutuhkan landasan. Bahwa dengan adanya landasan atau pijakan atau pondasi, kita mempunyai dasar yang kuat untuk menghadapi sesuatu di masa yang akan datang. Jika menjalani kehidupan tanpa adanya landasan, hidup akan berantakan, kacau, dan tidak berarti. Layaknya rumah, ia mempunyai pondasi, begitu juga bagi manusia. Jika dinaikkan dimensinya ke tingkat spiritual, landasan manusia itu adalah Al-Quran dan As Sunnah. Jadi dengan berpegang teguh terhadap landasan maka kehidupan akan berjalan dengan harmonis.

    ReplyDelete
  38. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Di zaman sekarang segala hal yang dilakukan kadang tidak sesuai landasannya. Membangun rumah, sampai ber milyar-milyar demi masuk majalah dan difoto-foto, mungkin niatnya publikasi.. diagung-agungkan, dipuja, dipuji.. Namun tidak dibarengi niat, doa, dan menghormati orang lain. Kebanyakan pada saat ini kita melakukan sesuatu hanya untuk dipandang dan diakui, padahal tidak memiliki landasan yang kuat mengapa kita harus melakukannya. Kembali lagi ke diri masing-masing, sudahkah kita memiliki pijakan yang benar sebelum melangkah.

    ReplyDelete
  39. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Landasan adalah sesuatu yang sangat penting dalam segala hal. Termasuk dalam mengarungi kehidupan di dunia. Landasan diperlukan untuk membuat kita menjadi kuat, teguh, dan tidak terombang ambing dalam mencapai tujuan hidup. Landasan hidup yang baik tentu akan membawa kita menuju kebaikan. Untuk itu, tentu kita perlu membangun landasan yang kokoh, terutama pada aspek spiritual. Dengan memiliki landasan spiritual yang baik, yakni iman yang baik, harapannya setiap apa yang kita kerjakan dalam hidup akan selalu bernilai baik karena telah memegang teguh keimanan.

    ReplyDelete
  40. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Saya tertarik dengan ungkapan pada postingan ini yang menyebutkan bahwa hidupnya manusia itu hanya ada dua macam, yaitu berlandaskan atau tidak berlandaskan. Segala sesuatu dalam hidup kita memerlukan suatu landasan yang menjadi fondasi, sebagai pegangan dasar atau tumpuan yang melandasi segala sesuatunya. Landasan agama adalah iman, bayangkan agama tanpa adanya iman, maka tersesatlah kita. Begitu pula dengan ucapan dan tindakan kita perlu adanya landasan yaitu hati dan pemikiran, sebab perbuatan dan lisan seseorang menjadi tolak ukur kualitas hidup seseorang, serta melihat seberapa teguh pendirian seseorang terhadap komitmen di dalam hati dan pikirannya yang wujudkan/direalisasikan dengan perkataan dan perbuatannya. Hidup dengan berlandaskan atau tidak berlandaskan merupakan suatu pilihan bagi kita, tergantung bagaimana kita menanggapi, memahami dan menerapkan landasan itu dalam hidup kita.

    ReplyDelete
  41. Gamarina Isti Ratnasari
    Pendidikan Matematika Kelas B (Pasca)
    17709251036


    Landasan dapat diartikan sebagai tempat berpijak atau tempat di mulainya suatu perbuatan. Landasan agama adalah iman, landasan keluarga adalah pernikahan, landasan pikiran adalah hati, landasan ucapan adalah pikiran dan hati,landasan tindakan adalah pikiran dan hati. Karena landasan merupakan tempat berpijak maka ap[abila landasan seseorang sudah salah, maka akan mempengaruhi atap dan bangunan yang berada di atasnya. Karena landasan sangatlah berpengaruh maka sebagai insan manusia yang mudah tergoyangkan maka kita harus mencari landasan yang tepat agar tidak terjurumus pada hal-hal yag tidak diinginkan yang nntinya akan berpengaruh pada atap dan bangunan yang berada di atasnya.

    ReplyDelete
  42. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Dalam mengarungi kehidupan kita harus mempunyai landasan, jika tidak ada landasan maka hidup kita akan mudah goyah diterpa badai kehidupan. Selain memiliki landasan kita juga harus mempunyai watak yang bagus, watak bisa berarti akhlak. Akhlak adalah refleksi diri yang sudah menjadi kebiasaan dalam keseharian, sehingga akhlak yang baik harus senantiasa diusahakan karena tidak bisa dibuat dalam sekejap.

    ReplyDelete
  43. indah purnama sari
    17701251035
    PEP B

    landasan itu ibarat pondasi, jika pondasinya kokoh maka bangunannya pun kokoh. landasan itu bisa macam macam seperti landasan negara kita UUD 1945 dan pancasila, atau landasan dalam agam islam yaitu rukun islam lalu di aminin dengan rukun iman, kita juga harus punya landasan pribadi yang pasti tidak mengesampingkan landasan agama maupun negara,landasan pribadi itu adalah motto hidup, landasan itu pedoman. maka dari itu kita harus benar benar menegakkan pondasi yang kokoh jika ingin membuat bangunan yang kuat. kita harus mempunyai landasan jika ingin berbuat dan mendapat ketenangan.

    ReplyDelete
  44. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Seperti halnya landasan bangunan yang tak hanya pondamen, begitupun segala sesuatunya. Yang terlihat memang hanya beberapa hal yang melandasi tetapi dibalik itu banyak hal yang ikut menjadi faktor pendukung yang melandasi hal tersebut. Seperti halnya spiritual yang menjadi landasan berpikir, tentu selain itu banyak hal yang ikut menjadi faktor pendukung landasar tersebut, tetapi spiritualah yang menjadi landasan utama.

    ReplyDelete
  45. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Landasan itu dasar. Landasan yang paling mendasar adalah keyakinan. Dimana kaki berpijak, keyakinanlah yang akan menentukan arah hidup seseorang, barulah setelah itu landasan berpikir, landasan negara, dan lain-lainnya juga mempengaruhi.

    ReplyDelete
  46. Yolpin Durahim
    17709251029
    Pps. P. Mat B 2017
    Landasan adalah dasar atau tumpuan. Betapa penting landasan menentukan kualitas kehidupan pada tahap selanjutnya. Iman adalah landasan pertama bahkan sejak seseorang berada dalam kandungan. Melalui kebiasaan, aktivitas, emosi, pikiran bahkan agama yang dianut orang tua si jabang bayi. Maka satu hal yang paling mendasar dan bahkan mungkin terlupa untuk disyukuri pertama kali oleh setiap manusia di dunia ini adalah terlahir dari kedua orang tua yang beragama baik dan benar. Syahadat yang diyakini oleh orang tua, menjadi landasan seseorang untuk membangun bagian-bagian yang lebih kokoh setelahnya. Misalnya Shalat yang merupakan tiang Agama.

    ReplyDelete
  47. Yolpin Durahim
    17709251029
    Pps. P. Mat B 2017
    Landasan ucapan adalah pikiran dan hati. Saya sepakat. Seperti yang bapak sampaikan di kelas, bahwa kata-kata yang keluar dari lidah kita itu terpilih oleh pikiran dan hati. Maka tidak heran ketika kita ingin mengenal seseorang, cobalah untuk berkomunikasi dengannya. Perhatikan apa yang disampaikan, itu cukup memberikan sedikit pandangan. Ya, hanya sedikit, sebagaimana landasan, itupun baru dasar untuk mengenal. Masih ada tindakan atau perbuatan yang menjadi indikator untuk memahami banyak hal.

    ReplyDelete
  48. Yolpin Durahim
    17709251029
    Pps. P. Mat B 2017
    Landasan teman adalah saling menghargai. Carut-marut kehidupan masa kini diantaranya kurangnya saling menghargai. Media berbasis teknologi mampu menciptakan debat kusir yang berkepanjangan bahkan pada skala yang semakin luas. Berkat itu pula masyarakat Nampak semakin kritis. Namun perlu kebijaksanaan dalam menyikapinya. Diantaranya, saling menghargai.

    ReplyDelete
  49. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Landasan, dari dialog antara puno kawan ini saya belajar bahwa saat berbicara dengan orang lain kita harus mempunyai landasan hati dan pikiran. Janganlah kita asal bicara. Maksud arah pembicaraan kita baik. Namun bisa jadi lawan bicara kita mengartikan hal yang sebaliknya.Hal itu karena setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pikirkanlah dan rasakanlah terlebih dahulu sebelum kita berbicara. Terimakasih

    ReplyDelete
  50. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Landasan merupakan salah satu hal penting. Sebuah bangunan yang tidak memiliki landasan atau pondamen akan lebih untuk roboh. Maka dalam hidup ini apabila kita tidak memiliki landasan yang kuat kita akan mudah goyah bahkan roboh. Maka menurut saya, kita harus melandasi hidup ini dengan spiritual, dengan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Ketika kita melandaskan kehidupan ini dengan iman dan taqwa maka ketika kita menghadapi angin atau bahkan badai masalah, kita tidak akan mudah goyang, tidak mudah retak, dan tidak mudah untuk roboh. Dan dalam aktifitas sehari-hari kita juga harus senantiasa melandasinya dengan do'a agar segala aktifitas yang kita lakukan dapat memperoleh kelancaran serta memberi kebermanfaatan.

    ReplyDelete
  51. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terima kasih Prof telah mengingatkan urgensi landasan dalam kehidupan kita.
    Landasan adalah motif. Landasan adalah bahan bakar. Apabila landasan kita benar, landasan kita kuat maka kita akan lebih mampu dalam menjalani hidup. Bagi seorang mahasiswa, landasan yang benar lagi kuat akan membawanya bertahan dari setiap godaan yang dating. Semoga Allah senantiasa meluruskan niat dan menguatkan niat kita dalam beraktivitas. Aaminn

    ReplyDelete
  52. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Landasan itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan landasan yang benar insyaallah kita akan terarah dalam melakukan sesuatu. Tanpa ada landasan yang benar maka hidup kita akan terombang ambing tidak pasti.

    Landasan itu bisa berbagai macam tergantung ruang dan waktu nya. Tapi kita ketahui bahwa apapun landasannya akan berakibat pada hasil akhirnya. Maka dari itu kita tidak boleh melupakan landasan dari semua perbuatan kita, karena landasan juga tempat kita kembali bila kita keliru.

    Begitu pentingnya landasan maka kita tidak boleh sala atau memilih landasan yang salah, apa lagi sampai tidak menggunakan landasan.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  53. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Ketika melihat judul tulisan ini, saya langsung berfikir apa bedanya landasan dengan bongkot yang baru saja dijelaskan pada tulisan yang berjudul radikalisme. Kemudian saya mulai membuka tulisan yang berjudul landasan ini dan membacanya dan ternyata tulisan ini pun diawali oleh pertanyaan apa perbedaan bongkot dan landasan. Bahwa ternyata, hidup ini hanya ada dua, berlandasan dan tidak berlandasan. Sesuatu yang tidak berlandasan akan menjadi tidak kokoh. Ditambah lagi, landasan bukan hanya berupa landasan fisik tetapi juga landasan metafisik. Oleh karena itu, hendaknya dalam membangun atau mengcreate sesuatu perlu ditentukan landasan fisik maupun metafisiknya agar apa yang dibangun menjadi baik dan kokoh.

    ReplyDelete
  54. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Semua yang ada dan yang mungkin ada di alam ini memiliki landasannya masing-masing. Jangankan membuat bangunan secara material, melaksanakan kewajiban perintah Allah pun harus berlandaskan ikhlas dan ilmu. Contohnya dalam melaksanakan sholat, jika seseorang yang melaksanakan sholat tetapi tidak memiliki landasan ilmu mengenai sholat bisa jadi sholatnya tidak sah dan tidak diterima oleh Allah, karena dia tidak mengetahui syarat, rukun, dan yang menyebabkan batalnya sholat. Contoh lainnya dalam bersedekah, jika seseorang yang melakukan amal kebaikan bersedekah tetapi niatnya karena ingin dipuji oleh orang lain bukan karena keikhlasan dari hatinya, bisa jadi amal kebaikannya sia-sia karena tidak diterima oleh Allah. Sungguh pentingnya landasan bagi kita, sangat bahaya jika kita melakukan apapun tanda adanya landasan yang kokoh.

    ReplyDelete
  55. Insan A N/PPs Pm C 2017
    Kalau memang landasan sebagai tempat berpijak, maka rumah adalah landasan membangun masyarakat. Keluarga menjadi landasan pendidikan awal manusia. Bangunan menjadi landasan peradaban manusia.

    ReplyDelete
  56. Insan A N/PPs Pm C 2017
    Kalau memang landasan sebagai tempat berpijak, maka rumah adalah landasan membangun masyarakat. Keluarga menjadi landasan pendidikan awal manusia. Bangunan menjadi landasan peradaban manusia.

    ReplyDelete
  57. Landasan perlu Ada untuk segala tindakan. Bagi saya sebagai guru, landasan Saya mengajar adalah cinta kepada anak anak. Cinta akan anak-anak it memunculkan kreatifitas. Kreatifitas in berupa upaya Saya agar anak dapat belajar, bertumbuh, berkembang optimal diri Dan kemampuan mereka. Tanda tandanya antara lain, kegembiraan, persiapan yang baik, media Dan sumber belajar yang membantu anak belajar dengan optimal, baik. Muncul Juga kesabaran dalam menemani anak-anak, mendampingi mereka belajar hidup sosial Dan mengelola emosi. Menjadi model yang baik bagi anak- anak.

    ReplyDelete
  58. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A
    Landasan merupakan pijakan bagi segala perbuatan dan tindakan yang kita lakukan. Setiap tindakan dan perbuatan harus memiliki landasan yang menjadi pedoman yaitu agama. Tanpa adanya pijakan maka hidup seeorang akan menjadi tidak tentram, karena tidak memiliki arah dan tujuan. Misalkan ibadah yang dilakukan hanya sebatas memenuhi kewajiban maka akan menjadi sia-sia. Beribadah dengan landasan saja terkadang kita masih ada kekhilafan, apalagi tanpa adanya landasan dalam beribadah tersebut, mungkin ibadah menjadi tidak ikhlas dan tidak memiliki arti.

    ReplyDelete
  59. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Hidup dibagi dalam dua macam yaitu yang berlandaskan (Fondationalisme) dan yang tidak berlandasakan (Anti-Fondationalisme). Semua perbuatan yang kita lakukan di dunia sebaiknya mempunyai landasannya masing-masing, jika semua perbuatan itu kita lakukan tanpa ada landasannya maka perbuatan tersebut akan menjadi tidak bermakna karena kita tidak tau apa tujuan, manfaat, makna dari perbuatan yang kita lakukan tersebut. Termasuk kita sebagai hamba ciptaan Tuhan, maka semua perbuatan yang kita lakukan di dunia ini harus berlandaskan pada aturan-aturan Nya agar kebaikan, pahala, dan surga yang akan diperoleh. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  60. Pesawat tanpa Landasan pun akan begitu merepotkan pilot dan awak kapal
    Sebagaimana yang penting adalah doa dalam diam
    Yang nampak belum tentu yang ingin ditampakkan
    Yang tak nampak adalah hati
    Diam bukan berarti tidur
    Dan saya teringat bahwa, tak ada manusia yang tak bisa marah. Ia hanya pandai menyimpan amarah


    Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    ReplyDelete
  61. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Ketika kita menjalakan sesuatu, pasti ada sebabnya, pasti ada landasannya, kenapa kita melakukan hal tersbeut, bagaimana cara kita melakukan hal tersbeut. Sebagai umat beragama kita memiliki landasan iman, sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing. Dengan adanya suatu landasan kita akan yakin dan mantab dalam melakukan pekerjaan kita tersebut. Semoga kita selalu dalam keadaan iman dan taqwa yang melekat dalam setiap aktivitas kita. Amin

    ReplyDelete
  62. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Landasan adalah sesuatu yang dapat kita pegang teguh sehingga kita tidak terpeleset ke luar alur yang salah. Segala sesuatu memiliki landasannya. Dengan adanya landasan maka sesuatu yang ada dan yang mungkin dapat berdiri dengan kokoh dan tidak mudah rapuh serta harmonisasi kehidupan dapat tercapai. Namun untuk menghasilkan harmonisasi, tidak hanya memerlukan landasan fisik saja melainkan harus dilengkapi dengan landasan metafisik. Sama hal nya dengan sebuah buku, dapat dikatakan berkualitas bukan hanya karena covernya yang menarik namun juga isi dan makna yang terkandung di dalamnya harus bermakna. Begitu pula landasan tidak hanya memerlukan landasan fisik yang kuat tapi juga landasan metafisik yang lengkap. Lengkapnya sebuah landasan akan mempengaruhi hasil dari apa yang dilandasi. Dan sekuat-kuat landasan adalah yang bersumber dari kitab dan sunnah serta didasari oleh hati dan pikiran yang jernih.

    ReplyDelete
  63. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Landasan merupakan fondamen/dasar/tolak ukur seseorang dalam membuat dan menerapkan suatu teori atau tindakan. Dengan adanya landasan seseorang akan mempunyai acuan yang jelas untuk melangkah ke depan setelah membuat sebuah rencana kegiatan. Tanpa adanya landasan maka akan terjadi ketimpangan atau ketidakseimbangan di dalam melakukan action dari rencana yang telah disusun sedemikian sistematis. Dengan adanya landasan maka seseorang juga mempunyai tujuan hidup yang jelas, mau diapakan hidupnya dan mau dibawa kearah mana jalan hidupnya.

    ReplyDelete
  64. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Landasan hidup kita sebagai umat islam adalah Al-qur’an dan Al-hadits. Jika kita menjajaki dan menjalankan kehidupan dengan mengacu kepada kedua hal tersebut maka kita tidak akan pernah tersesat, selain itu juga, jika kita mempunyai pedoman dalam menapaki hidup selangkah demi selangkah, maka kita akan menjadi manusia yang selalu mendapat ridho dari sang illahi. Jika dikaitkan dalam pembelajaran, landasan yang dimaksud adalah perangkat pembelajaran yang meliputi silabus dan rencana pelaksaan pembelajaran (RPP). Dengan adanya landasan tersebut maka proses pembelajaran yang akan kita laksanakan mempunyai pola konsep yang jelas dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah rencanakan dan diimplementasikan.

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  67. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Berbagai landasan yang dapat digunakan dalam membangun dan memaknai kehidupan. Setiap landasan akan mengarahkan pada perilaku yang akan ditampakkan. Landasan mencakup setiap yang ada dan terlihat serta setiap yang mungkin ada dan tidak terlihat. Masing-masing komponen tentunya ada landasannya. Menjalani hidup tanpa landasan ibarat orang yang berjalan dengan pincang bahkan penuh dengan kelinglungan. Landasan dapat dijadikan sebagai jembatan diri yang mengokohkan dan mendasari tindakan. Hidup yang dijalani dengan landasan yang kuat ibarat sebuah gedung yang diterpa angin badai dan gelombang air laut akan masih dapat terlihat di permukaan meski ada sedikit kikisan. Sehingga tidaklah mudah roboh, rapuh bahkan hancur melebur begitu saja dikarenakan goncangan yang sangat dahsyat.

    ReplyDelete
  68. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Setiap perkataan dan perbuatan kita hendaknya memiliki landasan, agar tidak salah dalam berbicara dan bertindak sehingga menyakiti atau merugikan orang lain. Seperti kata pepatah ‘mulutmu harimaumu’. Apa yang kita ucapkan maka kita juga akan mempertanggungjawabkannya. Namun di era teknologi komunikasi seperti sekarang ini, sering orang berpendapat tanpa landasan. Mentang-mentang hidungnya tak nampak, suaranya tak terdengar, ekspresinya tak terlihat, seenaknya saja berbicara tidak baik di social media. Baik berupa postingan, maupun komentar.
    Begitu pula dengan membaca, perlu adanya landasan. Kalau tidak ada, maka cerita seseorang bisa diartikan pamer dan sombong, nasihat orang diartikan sindiran, pertanyaan orang diartikan sanggahan, dan semacamnya. Sehingga munculnya prasangka menyebabkan pertengkaran yang konyol. Bertengkar karena hal sepele tetapi bisa sampai ke meja hijau. Maka dari itu, marilah kita selalu menggunakan landasan dalam setiap perkataan dan perbuatan kita. Baik itu secara langsung maupun di social media atau internet.

    ReplyDelete
  69. Metia Novianti
    17709251021
    P.Mat A S2 2017

    Landasan penting untuk dimiliki setiap manusia. Landasanlah yang nantinya akan menjadi pedoman, acuan ataupun pembimbing dalam melakukan suatu tindakan. Bagi seseorang yang hidup dengan berlandaskan kepada hal-hal tertentu, pastilah hidupnya akan mengikuti alur yang telah diharapkannya, terlepas dari baik tidaknya ataupun benar tidaknya landasan itu. akan tetapi, bagi orang yang tidak memiliki landasan dalam tindakannya, ia akan oleng karena tidak memiliki pegangan yang jelas. Sebagai muslim, hendaknya kita menjalankan kehidupan berlandaskan dengan Al-Quran dan Al-Hadits agar selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

    ReplyDelete
  70. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Landasan bisa diartikan sebagai tempat berpijak, tempat di mulainya suatu perbuatan, pedoman, sumber, ataupun pedoman. Landasan adalah bagian terpenting untuk mengawali sesuatu, karena landasan adalah pedoman bagi seseorang untuk menjalani kehidupan, seperti landasan Agama, pendidikan, Ilmu dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  71. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Berdasarkan ulasan dari Bapak di atas, landasan bisa diartikan macam-macam. Bagaimana manusia melakukan sesuatu hal tentu akan memiliki landasan yang berbeda-beda. Akan tetapi dalam hal keyakinan (agama islam) landasan bagi kehidupan manusia adalah Al-Qur’an dan Hadits. Sedangkan landasan idiil bangsa Indonesia adalah pancasila. Segala kehidupan akan memiliki landasan sendiri-sendiri. Akan tetapi ketika manusia belum mampu memegang teguh landasan yang ada pada dirinya, maka sebenarnya ia sedang terjebak dalam ketidakpastian yang ada dalam hidupnya. Oleh karena itu, penting untuk memikirkan apa yang akan dijalani, menjalani apa yang dipikirkan, dan semua terangkum dalam do’a.

    ReplyDelete
  72. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Sesuatu yang memiliki landasan berarti memiliki aturan, yang sesuai dengan hal yang dijadikan arahan dalam pelaksanaannya. Misalnya dalam hidup landasan bagi umat islam adalah al-quran. Begitu juga dengan umat-umat lainnya, mereka memiliki landasan hidup yang sesuai dengan keyakinannya. Namun lebih dari itu semua, semuanya mengarah pada arah kebaikan.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  73. Junianto
    PM C
    17709251065

    Landasan itu fondasi sebagai dasar dari sebuah bangunan agar bangunan bisa berdiri kokoh dan kuat. Tanpa landasan yang kuat mustahil bangunan juga bisa berdiri dengan kuat. Hal ini bisa kita analogikan dengan kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Negara aka kuat manakala memiliki landasan dan fondasi yang kuat pula. Pancasila, UUD 1945 sebagai landasan kita haruslah kita jaga selalu kedudukannya sebagai sumber hukum. Jika Pancasila dan UUD 45 sudah mengakar dalam hati sanubari setiap warga Indonesia maka seberat apapun pengaruh dari luar akan bisa dilawan dan di hancurkan.

    ReplyDelete
  74. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Landasan adalah pondasi atau dasar untuk mengawali suatu hal. Fondasi ini sangat penting demi tercapainya sebuah tujuan. Seperti kita hidup harus punya dasar/pondasi yaitu keimanan. Tiga landasan utama bagi umat muslim yaitu Iman Kepada Allah, Iman kepada rasul dan mengenal agama islam. Selain itu, dalam sebuah negara juga memiliki dasar/landasan yaitu Pancasila dan juga UUD 1945

    ReplyDelete
  75. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Landasan merupakan pokok dari apa yang kita lakukan. Karena landasan akan memberikan dampak pada apa yang kita lakukan di mata orang lain. jika kita tak memiliki landasan dalam berkata maupun berbuat, maka hal tersebut dapat dikatakan perbuatan maupun omongan yang tidak berbobot dan hanya bualan belaka saja. Jika landasan itu selalu diperhatikan, maka akan memberikan dampak pada bobot dari yang kita lakukan maupun kita perbuat.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  76. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    terimakasih prof, landasan tindakan adalah pikiran dan hati, disini dijelaskan bahwa dalam bertindak kita tidak hanya memikirkan hal tersebut tapi juga merasakan dengan hati. Terkadang beberapa hal yang kita pikir bukan suatu masalah, bisa jadi hal tersebut menyakiti hati orang lain, tidak digunakannya hati kita dalam memutuskan bagaimana tindakan kita dapat menimbulkn kerugian diri sendiri dan orang lain.

    ReplyDelete
  77. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    S2 Pmat C 2017

    Landasan juga berarti suatu alasan yang menjadi dasar atas segala perbuatan yang kita lakukan. Kita sebagai umat muslim landasan hidup kita adalah Alquran dan hadist. Yang akan menuntun kita selaku dalam hal kebaikan jika kita benar-benar mengamalkannya.Kita sebagai umat muslim juga mempunyai contoh nyata suri teladan dalam kehidupan yaitu Nabi Muhammad S.A.W.

    ReplyDelete
  78. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Landasan merupakan pondasi yang kuat dalam kehidupannya. Pondasi yang merupakan dasar yang kokoh dalam pelaksanaannya. seperti halnya dalam membangun rumah pondasi adalah pengerjaan yang utama dalam menidirikan suatu bangunan, karena jika pondasi yang tidak kuat maka bangunan pun juga akan cepat roboh atau ambruk. dalam kehidupan kita sebagai makhluk spiritual makan pondasinya adalah kitab atau ajaran agama, jika kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dasarnya adalah Pancasila dan UUD 1945. dalam menjalani kehidupan sangat dibutuhkan pondasi yang kuat terhadap suatu keadaan sehingga kita dapat menjalaninya dengan rasa percaya.

    ReplyDelete
  79. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PMC

    Landasan adalah dasar, landasan adalah pondamen. Sebagaimana membangun rumah, kita membutuhkan landasan. Semakin kuat pondamen yang kita bangun maka semakin kuat pula bangunan rumah kita. Maka dalam melakukan berbagai aktivitas kita kita membutuhkan pondamen, landasan. Dan sebaik-baik landasam bagi seorang muslim ialah karena Allah Swt. Dengan melandasi segala aktivitas dan kegiatan kita karena Allah SWT maka aktivitas kita akan bernilai pahala. Maka itulah kita diajarkan untuk senantiasa berdoa dalam memulai suatu hal. Seminimal-minimalnya do'a ialah membaca basmalah, menyebut asma Nya. Dan bahkan kita juga diajarkan untuk mengakhiri segala sesuatu dengan bacaan hamdalah. Itulah landasan bagi seorang muslim.

    ReplyDelete
  80. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dalam hidup ini kita harus mempunyai landasan yang kuat, baik itu agama, prinsip, dan kemanusiaan. sesungguhnya gaya hidup seseorang sangat ditentukan oleh cara bagaimana dia memandang hidup ini, dengan kata lain bagaimana seseorang memandang hidup begitulah ia akan hidup. Oleh sebab itu untuk mengubah keadaan seseorang harus diawali lebih dahulu dengan mengubah caranya memandang kehidupan ini.

    ReplyDelete
  81. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Landasan dapat dikatakan sebuah pijakan, sandaran, acuan, azas, dasar, dan sebagainya akan sesuatu hal. Dalam aturan hidup, selalu memilik landasan kuat akan sebuah nilai. Nilai-nilai yang baik pasti akan dihasilkan dari tindakan yang baik pula, tindakan yang baik pasti mempunyai aturan yang berlandaskan akan hukum Tuhan. Setiap aturan Tuhan pasti akan menghasilkan nilai yang baik dan positif. Setiap agama mempunyai landasan yang dijadikan sebagai aturan yang sudah ditetapakan Tuhan, seperti islam yang mempunyai Al-Qur’an dari Allah dan hadits yang lebih menjelaskan Kalam Allah dalam Al-Qur’an. Begitu warga negara Indonesia yang mempunyai landasannya pancasila.

    ReplyDelete
  82. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Landasan itu seperti dasar, tergantung konteks yang sedang dibicarakan. Jika berhubungan dengan hal-hal yang dipikiran, maka landasan itu seperti dasar-dasar kita melakukan olah pikir. Landasan juga dapat mengacu pada prinsip.

    ReplyDelete
  83. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Pikiran manusia itu ada dua macam, yang berlandaskan dan tidak berlandaskan. Yang berlandaskan itu disebut fondasi atau fondasionalism. Landasannya adalah yakin kepada Tuhan. Semua yang terlandaskan disebut fondasionalism. Kalau tidak berlandaskan, akan seperti perahu di atas samudera yang tidak tahu dari mana asalnya dan mau kemana maka disebut antifondasionalism.

    ReplyDelete
  84. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Landasan adalah pondamen, landasan yang kuat akan menyebahkan bagunan yang ada diatasnya juga kuat. Pondamen di dunia ini bukan hanya terdapat pada bangunan atau benda yang nyata. Tetapi secara filsafat, keilmuan juga memiliki pondamen. Pada dasarnya pondamen itu sama yaitu yang melandasi pembangunan. Pondamen atau landasan diperlukan dalam sebuah pengetahuan, agar pengetahuan tersebut kuat dan dapat dipertanggungjawabkan. Maka adari itu dalam kehidupan kiat harus selalu menggunakan pondamen yang kuat.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  85. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    menarik sekali pak bahasannya, segala sesuatu yang berlandaskan hal baik maka insya Allah akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Landasan merupakana hal penting ketikan kita akan bertindak. seperti bersedekah, berbuat baik terhadap sesama harus berlandaskan kepada Allah SWT sehingga akan bernilai ibadah.

    ReplyDelete
  86. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Landasan merupakan bagian terpenting untuk mengawali sesuatu. Setiap manusia harus memiliki landasan dalam kehidupannya, terutama adalah landasan beragama. Dalam hal ini adalah Islam, Iman dan ihsan sebagai landasan beragama. Allah telah menjadikan alquran dan hadist sebagai landasan utama bagi umat muslim atau bagi seluruh semesta alam. Dengan memiliki landasan sebagai kehidupan, tentu saja seseorang akan bisa memiliki tujuan yang jelas dalam hidupnya, yaitu hidup dan matinya hanya untuk Allah, semua yang dilakukan hanya untuk beribadah kepada Allah, termasuk menuntut ilmu/kuliah merupakan ibadah kepada allah.
    Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pun kita juga memiliki landasan, yaitu Pancasila dan UUD 1945. Dengan adanya landasan dalam kehidupan tentu saja ini akan memberikan / menciptakan suatu tatanan masyarakat yang harmonis, taat aturan, disiplin, saling menghormati dll. Namun jika seseorang tidak memiliki landasan dalam hidupnya maka dia tidak akan memiliki arah dan tujuan yang jelas, sehingga banayak melanggar norma-norma, etika, aturan atau hukum-hukum yang telah dibuat.

    ReplyDelete
  87. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Landasan atau fondamen merupakan acuan bagi seseorang untuk berbuat sesuatu yang lebih di dalam kedidupannya. Seseorang yang mempunyai landasan berpijak dalam melangkah maka apapun yang akan diperbuat kemungkinan mendapatkan hasil yang optimal, begitu pula sebaliknya. Jika ingin melakukan perubahan hidup maka sebaiknya membuat sebuah landasan hidup yang kokoh agar tidak mudah goyah ketika mendapat kegagalan.

    ReplyDelete
  88. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Landasan menurut saya adalah tempat berpijak atau pedoman. Jadi landasan dalam hidup harus sesuai dengan keyakinan kita. Apabila kita yakin landasan tersebut dapat digunakan sebagai pedoman dalam hidup maka apa yang kita harapkan akan terlaksana. Landasan hidup bagi seorang pemeluk agama islam salah satunya adalah Al-Quran. Didalamnya berisi tuntunan dalam melakukan segala kegiatan manusia. Jadi agar hidup dapat sampai sesuai dengan tujuan yang baik maka harus menggunakan landasan hidup yang baik pula. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa landasan cinta adalah sayang. Landasan sayang adalah memberi. Landasan memberi adalah moral. Landasan moral adalah Agama. Sehingga untuk dapat mencintai seseorang maka harus berdasarkan landasan Agama yang baik.

    ReplyDelete
  89. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Landasan dapat diartikan sebagai tempat dimulainya perbuatan, pedoman. Dari artikel Prof. Marsigit saya tertarik dengan kalimat manusia itu ada dua macam berlandaskan dan tidak berlandaskan. Dari kalimat itu, saya memaknai bahwa manusia yang berlandaskan adalah manusia yang memiliki pedoman dalam kehidupannya. Setiap perkataan dan perbuatan yang dia lakukan didasari dengan pemikiran, dan pertimbangan. Sedangkan manusia tidak berlandaskan, saya memaknai sebagai manusia yang tidak memiliki pedoman, tujuan hidup. Tidak tahu apa yang hendak dicapai dan diraih dalam kehidupannya. Memaknai kehidupan hanya sebatas “air yang mengalir”. Terimakasih.

    ReplyDelete
  90. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  91. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Kehidupan manusia ada 2 macam yaitu berlandaskan dan tidak berlandaskan. Sebagai salah satu contoh adalah landasan gedung adalah pondamen. Membangun sebuah gedung landasan fisiknya pondamen, tetapi landasan metafisiknya meliputi:niat, doa, manfaat, tujuan, dana, teknologi, ilmu, etik, estetika. Jadi manusia yang berlandaskan adalah manusia yang memiliki pedoman dalam menjalankan hidupnya. Sedangkan manusia yang tidak berlandaskan adalah adalah manusia yang tidak pernah memiliki pedoman dalam hidupnya. Dia menjalankan hidupnya tanpa memiliki tujuan dalam hidupnya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  92. Endar Chrisdiyanto
    15301244011
    Pendidikan Matematika A 2015
    Landasan adalah pedoman, patokan sebelum memulai sebsuatu. Hidup manusi ada 2 macam yaitu berlandaskan atau tiidak berlaandaskan. Landasan hidup manusia yaitu keyakinan. Jika hidup ini berlandaskan agama yang baik dan benar maka hidup ini akan merasa cuukup dengaan apa yang dimiliki dan selalu bersyukur. Landasan keyakinan dimulai dari niat, manfaat, doa n=barulah memullai melangkah. Landasan terkuat dari hidupp yaitu Agama.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  93. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Dari artikel di atas saya dapat belajar bahwa apapun yang terjadi di dalam kehidupan ini sebenarnya ada landasannya, sehingga apapun itu wujudnya apabila landasannya baik seharusnya hasilnya juga baik.

    ReplyDelete
  94. Puspitarani
    15301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    Terima kasih Bapak untuk artikel yang sudah bapak share kepada saya. landasan itu suatu kerangka acuan, segala sesuatu dalam hidup kita pasti berdasarkan landasan. membuat skripsi butuh landasan, kita kuliah di jurusan Pendidikan Matematika juga ada landasannya. landasan juga sebagai acuan kita dari keinginan kita untuk mencapai tujuan kita. Landasan hidup kita sebagai umat islam adalah Al-qur’an dan Al-hadits. Jika kita menjajaki dan menjalankan kehidupan dengan mengacu kepada kedua hal tersebut maka kita tidak akan pernah tersesat, selain itu juga, jika kita mempunyai pedoman dalam menapaki hidup selangkah demi selangkah, maka kita akan menjadi manusia yang selalu mendapat ridho dari sang illahi. Jika dikaitkan dalam pembelajaran, landasan yang dimaksud adalah perangkat pembelajaran yang meliputi silabus dan rencana pelaksaan pembelajaran (RPP). Dengan adanya landasan tersebut maka proses pembelajaran yang akan kita laksanakan mempunyai pola konsep yang jelas dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah rencanakan dan diimplementasikan.

    ReplyDelete
  95. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    Pendidikan Matematika A 2015/S1
    15301241046
    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Seorang muslim menlandaskan kehidupannya kepada Islam. Artinya seorang muslim harus masuk Islam itu tidak separuh-separuh melainkan harus seluruhnya. Mendasari hidup dengan Islam artinya seorang muslim menjadikan Islam sebagai Way of Life, Rule of Thinking, State of Mind di dalam memecahkan setiap permasalahan hidup. Sehingga tidak ada satu permasalahan hidup yang bagaimana pun kecilnya, yang tidak tersentuh oleh nilai-nilai ajaran agama Islam.

    ReplyDelete
  96. Febriana Putri Hutami
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241007
    Landasan itu seperti pedoman. Ibaratkan bangunan, landasan itu seperti pondasi. Semakin kokoh dan baik pondasinya maka semakin baik pula bangunannya. Bangunan yang dipondasi dengan baik dan kokoh akan menghasilkan bangunan yang kokoh dan tidak mudah goyah. Dalam hidup itu ada dua pilihan memiliki landasan atau tidak memiliki landasan. Jika memiliki landasan, dan landasan itu kuat, maka akan menghasilkan sesuatu yang baik dan kuat. Seseorang yang memiliki landasan, dalam melakukan sesuatu sudah memiliki pedoman dalam hidupnya, dan pedoman itu tidak mudah goyah. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki landasan, ia akan gagap dengan situasi baru yang ada, ia hanya akan mengalir seperti air tanpa tau tujuan. Kualitas seseorang dilihat dari kualitas landasannya.

    ReplyDelete
  97. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Bismillah,
    Landasan merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki. Uraian bapak di atas membuka polapikir saya mengenai apa itu “landasan”. Saya sependapat dengan pernyataan bapak bahwa landasan adalah suatu hierarki yaitu bertingkat-tingkat. Seperti pada saat belajar matematika, suatu konsep dilandasi atas pengetahuan konsep lainnya sehingga pembelajaran menjadi saling terkait. Begitupun dalam konsep ibadah. Setiap amal yang kita kerjakan berlandaskan doa, doa dilandasi oleh keyakinan terhadap Allah Swt. Manusia yang hidup tanpa landasan ibarat bangunan yang berdiri di atas pasir yang sewaktu-waktu bias roboh.

    ReplyDelete
  98. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Landasan dapat diartikan macam-macam tergantung sudut pandang kita melihat. Lebih sederhananya, kata "landasan" dapat diartikan sebagai pedomas/dasar. Sesuai yang disampaikan oleh Prof bahwa manusia manusia itu ada dua macam yaitu berlandaskan dan tidak berandaskan. Menurut saya, manusia yang berlandaskan adalah manusia yang selalu memiliki pedoman dalam menjalani hidupnya. Seperti menurut sisi agama Islam, untuk menjalani hidup harus berlandaskan Al-Quran dan Al-hadis maka kita tidak akan tersesat. Sedangkan manusia yang tidak berlandaskan yaitu manusia yang tidak memiliki pedoman dalam menjalani hidupnya, hanya mengikuti arus yang ada.

    ReplyDelete
  99. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    setiap orang hidup harus memiliki landasan. sebagai umat islam maka landasan yang harus dipakai adalah Al-Qur'an dan Hadits agar hidup kita tidak tersesat. selain itu, dalam melaksanakan segala perbuatan, maka harus didampingi dengan niat dan doa agar mendapat ridho dari Allah SWT. oleh karena itu, kita harus luruskan kembali niat kita, dan tetap berpegang teguh dengan Al-Qur'an dan Hadits agar apa yang kita jalani jelas dan tidak menyimpang.

    ReplyDelete
  100. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Landasan itu bermacam-macam dilihat dari berbagai sudut pandang. Pada dasarnya landasan adalah pedoman. Seperti yang dikatakan Prof Marsigit manusia ada 2 macam yaitu yang berlandasan dan yang tidak berlandasan. Manusia yang berlandasan, dia mempunyai pedoman yang ia jadikan sebagai acuan atapun pembimbing dalam melakukan suatu tindakan. Orang yang berlandasan pastilah mempunyai tujuan. Berbeda dengan orang yang tidak berlandasan, dia akan terombang ambing karena tidak mempunyai pedoman. Sebagai umat islam landasan hidup kita adalah Al-Qur’an dan Hadist. Oleh karena itu kita harus berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Hadist agar kita tidak tersesat.

    ReplyDelete
  101. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  102. Julialita Muhariani
    15301241004
    Pendidikan Matematika A 2015

    Landasan dapat dikatakan sebagai suatu alas atau tempat berpijak. Landasan dapat berupa pegangan/pedoman hidup bagi manusia. Segala hal yang ada di dunia ini memiliki landasan/tempatnya berpijak masing-masing. Jika manusia hidup tanpa adanya suatu pedoman hidup maka kehidupan akan menjadi berantakan. Salah satu landasan/pedoman hidup yang harus dipegang manusia (khusus umat islam) adalah Al-Qur’an. Oleh karena itu, sebagai umat islam kita harus menjalani kehidupan sesuai dengan aturan yang telah diperintahkan oleh Allah SWT sehingga kehidupan kita akan menjadi damai dan tentram.

    ReplyDelete
  103. Alvi Khoirunnisak
    1531241012
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dalam setiap kegiatan kita lakukan, dalam menentukan pilihan, segala sesuatu harus memiliki landasan. Terutama landasan agama.
    Mengapa?
    Karena jika kita sudah memiliki landasan agama, kita akan memiliki perasaan tenang dalam menjalani kehidupan karena selalu merasa dinaga olehNya. Kita juga akan dijaga dari perbuatan-perbuatan maksiat, dijaga dari bahaya. Dengan landasan agama, landasan-landasan lain tanpa disadari akan terbentuk. Karena landasan agama adalah landasan dari segala landasan yang ada.

    ReplyDelete
  104. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Landasan dapat diartikan sebagai alas atau pedoman. Kita sebagai umat islam memiliki landasan hidup yaitu Al Quran. Jika landasan kita kuat dan sesuai dengan aturan dan tuntutannya pastilah kita akan dijauhkan dari segala bahaya. Jadi dari semua itu kita akan memiliki landasan/pedoman yang baik.

    ReplyDelete
  105. Rina Musannadah
    15301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Dalam hidup, hidupnya manusia itu hanya ada dua, yang berlandaskan dan tidak berlandaskan.
    Landasan merupakan pedoman, dasar, tempat berpijaknya manusia dalam bertindak. Manusia yang berlandaskan atau dengan kata lain memiliki landasan tentu selalu bertindak sesuai dengan landasan yang ia miliki. Dalam hal ini, sebagai umat Islam landasan hidup kita berupa Al-Qur’an dan sunnah nabi Muhammad SAW. Sedangkan manusia yang hidupnya tidak berlandaskan atau dengan kata lain hidupnya tanpa landasan adalah manusia yang bertindak tanpa berlandaskan apapun.

    ReplyDelete
  106. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  107. Raudhah Nur Pratiwi (15301244009)
    S1- Pend. Matematika A 2015
    Bismillah,
    Untuk membangun suatu gedung yang kokoh, diperlukan pondasi yang mendasari kerangka bangunan. Semakin kokoh pondasi dasar dibuat, semakin kokoh pula gedung yang terbentuk. Begitu juga dengan kehidupan. Kita membutuhkan landasan yang kuat dalam melakukan berbagai aktifitas. Sebagai umat islam, landasan yang harus digunakan orang muslim adalah Al-Qur’an dan Hadis. Dalam beribadah kita harus mengacu dan berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Hadis agar kita tidak tersesat.

    ReplyDelete
  108. Lisfiyati Mukarromah
    15301241042
    Pendidikan Matematika A 2015
    Program S1
    Hidupnya manusia itu hanya ada 2 macam, berlandasan dan tidak berlandasan.
    Manusia harus memiliki landasan dalam segala aktivitasnya. Manusia yang punya landasan kuat itu ibarat sebuah bangunan yang pondasinya kokoh, tidah gampang roboh.
    Manusia yang tidak memiliki landasan hidup itu bisa diibaratkan seperti air di daun talas. Orang lain melakukan sesuatu, dia mengikuti, orang lainnya lagi melakukan hal yang beda lagi, dia juga mengikuti tanpa mengetahui dasarnya. Orang seperti ini sangat mudah untuk terpengaruh dengan yang lain. Orang yang tidak punya landasan hidupnya terombang ambing tanpa tujuan yang jelas. Oleh karena itu landasan hidup merupakan hal yang sangat penting.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  109. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Landasan merupakan dasar, acuan, pedoman dan sebagainya. Landasan sebagian besar umat manusia dalam segala tindak tanduknya adalah agama (bagi yang mempercayai bahwa agama tidak terlepas dari kehidupanya, karena terdapat kemungkinan ada manusia yang tidak mempercayai hal tersebut). Setiap agama juga memiliki landasan masing-masing. Contohnya dalam agama saya, islam, setiap tindak tanduk muslim berpedoman pada Al Quran dan Hadits. Landasan itu agar manusia berperilaku baik dan tidak semena-mena selalu mengingat Allah SWT, Sang Maha Melihat.
    Saya tertarik dengan kalimat “hidupnya manusia itu hanya ada 2 macam: berlandaskan atau tidak berlandasan”. Menurut saya, hidup manusia berlandaskan berarti manusia tersebut memiliki pedoman untuk mencapai apa yang dicita-citakan atau diinginkan. Hidup manusia tidak berlandaskan berarti manusia tersebut tidak memiliki pedoman, tidak memiliki apa yang dicita-citakan atau diinginkan, dan tidak tahu arah tujuan hidupnya.
    Artikel ini memberikan pengetahuan akan landasan dalam kehidupan. Terimakasih Prof. Marsigit atas artikel yang sangat menarik dan menambah pengetahuan kami.

    ReplyDelete
  110. Siti Efiana
    15301241029
    S1- Pend.Mat I 2015

    Terima kasih artikelnya, Prof. Landasan bisa diartikan sebagai pondasi. Setiap hal tentunya memerlukan sebuah pondasi. Landasan Negara kita adalah pancasila, proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945. Sedangkan landasan agama islam adalah Alqur’an dan hadis. Kita harus memastikan bahwa setiap hal yang kita lakukan tidak bertentangan dengan landasan Negara dan agama agar bisa selamat dunia dan akhirat. Jangan sampai hidup kita seperti air mengalir, iya kalau mengalirnya ke sungai? La kalau ke kubangan bau bagaimana? Oleh karena itu landasan ini sangat diperlukan agar kita memiliki pedoman dalam hidup.

    ReplyDelete
  111. Farisa Yunilasari
    15301241025
    S1-Pendidikan Matematika A 2015

    Berbagai landasan dapat digunakan dalam membangun dan memaknai kehidupan. Ada dua macam orang yaitu orang yang berlandasan dan orang yamg tidak berlandasan. Orang yang mempunyai landasan berarti dalam hidupnya mempunyai aturan atau pedoman dalam menjalankannya , sedangkan orang yang tidak mempunyai landasan adalan orang yang hidupnya tidak ada arahan atau pedoman tertentu . Dalam agama islam landasannya yaitu Kitab suci al-qur'an . Dimana sebagai orang muslim kita harus berpedoman teguh terhadap al-quran yaitu dengan menjalankan perintah-perintah di dalamnya dan menjauhi larangannya .

    ReplyDelete
  112. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Landasan. Setiap hal seyogyanya memiliki landasan. Entah itu makhluk hidup maupun benda mati. Tiap-tiap yang tidak memiliki landasan berarti takkan kokoh hidupnya. Bagai air di daun talas. Hendaknya kita berpegang teguh pada landasan kita. Jangan sampai menjadi orang yang tersesat dan gelap hidupnya.

    ReplyDelete
  113. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    Landasan dapat diartikan sebagai dasar atau pedoman. Seperti sbuah bangunan dasarnya adalah pondamen, dalam beragama dasarnya adalah iman, dan negara Indonesia juga memiliki landasan yaitu Pancasila (landasan idiil) dan Pembukaan UUD 1945 (landasan konstituional). Landasan inilah yang menjadi pedomban nagara indonesia dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegaran dan mencap tujuan. Dari sini dapat diartikan bahwa manusia yang berlandaskan berarti manusia yang di dalam kehidupannya memiliki pedoman atau dasar yang digunakan dalam mencapai tujuan dalam kehidupannya sedangkan manusia yang tidak berlandaskan berarti manusa yang tidak memiliki pedoman atau dasar dalam menjalankan kehidupan atau dengan kata lain hidup dangan mengikuti arus yang ada. Begitu juga dalam beragama bahwa iman merupakan dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat, mungkin kita tidak pernah melihat Tuhan seperti apa tetapi dengan adanya iman kita percaya bahwa Tuhan itu ada, tidak hanya sekedar memiliki iman saja tetapi juga melakukan perbuatan yang menagang Tuhan mau dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  114. Isykarima Nur S
    15301241032
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Layaknya manusia hidup di dunia ini harus berlandaskan landasan yang jelas. Manusia yang mempunyai landasan hidup ibarat bangunan yang memiliki pondasi yang kokoh. Ia akan tetap berdiri kokoh meski hujan badai menghantam. Manusia dengan landasan yang kuat akan teguh pendirian meski godaan datang silih berganti. Berbeda dengan manusia yang tidak memiliki landasan hidup, ia hanya hidup berdasarkan arus yang membawanya. Terombang-ambing tidak jelas arah tujuan hidupnya.

    ReplyDelete
  115. Rina Anggraeni
    15301241043
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Dari cerita di atas saya dapat tambahan pengetahuan yaitu dalam melakukan segala hal sebaiknya yang berlandaskan sesuatu yang baik agar nantinya baik juga. Jangan bertindak atau melakukan sesuatu tak berlandaskan apapun, sekalipun berlandaskan itu harus berlandaskan sesuatu yang baik. Dalam dunia pendidikan untuk membangun pendidikan juga berlandaskan do'a dan lain sebagainya agar selalu dilindungi oleh Yang Maha Melindungi. Untuk tingkah polah Bagong yang selalu bertanya saya juga memetik sedikit pesan tentang bertanya, bahwa dalam bertanya hendaklah yang secukupnya saja dan jangan sampai membuat yang ditanya kewalahan. Menurut saya, sebaik-baiknya informasi adalah informasi yang kita usahakan cari sendiri bukan hanya dapat dari bertanya dan mempercayainya begitu saja tanpa tahu aslinya.

    ReplyDelete
  116. Hartanti Siamah
    15301241017
    Pendidikan Matematika A 2015

    Landasan adalah pedoman, dasar, pijakan. seperti layaknya bangun yang mempunyai dasar pondasi, manusia juga punya pedoman. Pedoman hidup manusia adalah keyakinan. Manusia bertindak dan berbuat sesuatu atas dasar keyakinan. Misalnya sebagai umat muslim maka setiap perbuatan yang dilakukan harus berlandaskan Al-Qur'an dan hadist agar tidak tersesat. jadi, apapun itu pasti punya landasan agar tidak tersesat.

    ReplyDelete
  117. Amayda Ade Pramesti
    15301244012
    S1 Pend.Mat A 2015

    Landasan adalah pedoman. manusia yang memiliki pedoman hidup didunia ini yaitu Al - Qur'an , jika kita berpegang teguh pada pedoman kita maka hidup kita menjadi lebih kokoh dan terlindungi dari macam - macam godaan yang dapat menggoyahkan hidup. untuk manusia yang tidak memiliki pedoman atau landasan hidupnya akan sering goyah karena tidak ada hal yang menjadi pegangan untuk hidupnya

    ReplyDelete
  118. Tico Miladina
    14301244014
    Pendidikan Matematika A

    Setiap perilaku manusia maupun setiap objek akan memiliki karakter yang kokoh jika memiliki landasan yang tepat. Landasan dapat diartikan sebagai tumpuan maupun penguat suatu keberadaan, kejadian, maupun kesaksian terhadap sesuatu. Landasan yang tepat berarti sesuai dengan tujuan adanya objek atau perilaku tersebut.

    ReplyDelete
  119. Sinta Mutiara Dewi
    15301241018
    S1-Pendidikan Matematika A 2015

    Landasan merupakan sutau pedoman. Manusia diciptakan oleh Allah SWT untuk menjaalankan hidup di dunia ini harus dengan berlandaskan dan berpedoman pada AL-Qur’an. Segala urusan manusia harus dilandasi dengan niat, usaha, doa, dan kebaikan agar yang kitta dapatkan adalah kebaikan pula.

    ReplyDelete
  120. Alfiani Indah P. S.
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Landasan adalah dasar, tempat berpijak, atau tempat dimulainya perbuatan. segala hal yang ada di dunia ini pasti ada landasannya. Begitu pula dalam bertindak, kita juga harus memiliki landasan I(yang baik) agar terhindar dari tindakan yang ngawur dan merugikan.

    ReplyDelete
  121. Zudhy Nur Alfian
    15301241035
    S1 Pendidikan Matematika 2015

    Landasan adalah acuan, atau dasar. Dalam kehidupan sehari-hari, perlu bahwa dalam melakukan kegiatan, mempunyai dasar. Atau dengan kata lain, perlu jelas sebab kita harus melakukan hal tersebut. Sama halnya, dalam kita beribadah kita harus mempunyai landasan tertentu. Dalam agama Islam, sangat jelas bahwa Al Quran dan Al Hadits merupakan landasannya.

    ReplyDelete
  122. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Landasan dapat diartikan sebagai dasar serta acuan. Kita harus senantiasa memiliki landasan dalam bertindak maupun mengambil keputusan, agar tindakan kita dapat dipertanggungjawabkan nantinya. Setiap tindakan dan keputusan yang kita ambil haruslah berlandaskan aturan yang ada, baik aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, norma-norma dalam masyarakat, serta aturan dalam agama.

    ReplyDelete
  123. Intan Heryani Putri
    15301241011
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Landasan adalah pedoman, dasar, acuan. Begitu penting bahwa setiap manusia haruslah punya landasan, punya prinsip. Dalam berkehidupan, kapabila kita tidak memilikinya, maka kita akan seperti kehilangan arah dan tak tau akhir tujuan hidup kita. Padahal sejatinya tujuan hidup di dunia hanyalah mempersiapkan bekal kehidupan kita yang sebenarnya yaitu di akhirat nanti.

    ReplyDelete
  124. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018

    Kita hidup mempunyai landasan dan tidak berlandaskan. Hidup yang mempunyai landasan berarti kita mempunyai agama sebagai pedoman hidup, sedangkan yang tidak berlandaskan berarti tidak punya iman untuk segalanya. Tidak hanya itu, dalam kehidupan sehari-haripun kita selalu berlandaskan jika kita berbicara dengan seserang agar yang kita ajak bicara tidak tersakiti dengan bicara kita.

    ReplyDelete
  125. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Dari tulisan di atas bisa kita peroleh informasi bahwa ternyata segala sesuatu itu membutuhkan landasan agar tetap bisa berdiri kokoh. Seperti kehidupan yang memiliki landasan agama dan agama memiliki landasan yaitu iman. Dengan iman yang kuat kita akan dijauhkan dari hal-hal yanh dapat merusak hidup. Begitu juga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bangsa kita berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945. Kedua hal ini lah yang membuat bangsa kita kuat dan kokoh. Oleh karena itu sebeluk melakukan atau membangun sesuatu harus dengan landasan yang jelas agar apa yang ingin diperoleh bisa tercapai.

    ReplyDelete
  126. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Saya cukup tertarik pada kalimat yang menyatakan bahwa hidup manusia ada dua macam. Berlandaskan atau tidak berlandasan dan landasannya juga bervariasi. Setiap landasan yang dipilih oleh setiap individu memiliki pertimbangannya masing-masing. Yanh menjadi renungan adalah apakah landasan itu cukup kokoh ataukah landasan tersebut masih perlu direnovasi.

    ReplyDelete
  127. Seftika Anggraini
    18709251016
    PPs Pend. Matematika A 2018

    Setiap hal memiliki landasan. Landasan itulah yang menjadi kunci berdirinya sesuatu. Tanpa landasan yang baik, sesuatu akan berdiri dengan kurang baik. Sesuatu hal memiliki landasan, landasan tersebut memiliki landasan yang lain, landasan yang lain memiliki landasan yang lainnya lagi, dan seterusnya. Ada beberapa hal yang memiliki landasan lebih dari satu. Jika salah satu saja landasan itu tidak dipenuhi, maka tidak akan berjalan seperti yang diinginkan.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  128. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Saya sangat setuju bahwa hidup itu perlu ada landasannya. Manusia itu hidup perlu ada pegangannya. Landasan agama, landasan sosial landasan berteman dan landasan yang lainnya. Semuanya berpegang pada landasan. Jangankan manusia, gedung pun dibangun perlu ada landasannya seperti yang dikatakan tulisan di atas bahwa tidak hanya landasan tanahnya atau bangunanya tapi perlu juga adanya landasan doa. Bagaimana kita ingin membangun atau menginginkan sesuatu jika modal dan niat sudah ada namun tidak ada doa yang membantu menyelesaikanya, iya bukan? Hal ini mengingatkan kita bahwa sangat penting mempunyai tujuan hidup beserta landasan yang kuat

    ReplyDelete
  129. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A
    Assalamu'alaikum wr wb
    Manusia hidup harus memiliki landasan dalam segala bidang. Landasan hidup yang utama dan paling tinggi adalah landasan iman. Dengan mempunyai iman yang kuat insya Alloh hidup manusia akan selalu berada pada jalan yang benar. Sehingga setiap hal yang dilakukan manusia insya Alloh akan mendapat ridho-Nya. Dari postingan tersebut saya menjadi mengerti juga bahwa hal apapun pasti membutuhkan landasan baik fisik maupun metafisik. Seperti yang telah dijelaskan membangun gedung tidak hanya butuh landasan fisik tetapi landasan metafisik agar gedung tersebut kokoh dan di dalam terdapat berkah dari Alloh SWT.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  130. Bayuk Nusantara KR.J.T
    18701261006
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP)


    Saya mengambil salah satu dialog dari artikel di atas mengenai lisan yang sering menyakiti. Ketika kita tidak memiliki landasan sopan santun maka yang terjadi adalah lisan sering kali menyakiti. Ketika kita memiliki landasan sopan dan santun, maka, kita akan berpikir berulang kali apakah kalimat yang dilontarkan akan menyakiti atau tidak. Dengan demikian, landasan baik seperti sopan santun harus ada dalam diri kita. Ketika kita menjadi seorang pendidik, maka, kita harus menanamkan landasan yang baik untuk murid kita.

    ReplyDelete
  131. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Landasan memegang peran yang vital dalam kehidupan manusia. Segala sesuatu memiliki dasarnya/landasannya. Segala perbuatan juga harus berlandaskan sesuatu yang baik dan berguna. Dalam pendidikan, landasannya adalah kurikulum yang disusun berdasarkan filosofi bangsa dan negara dan lain sebagainya. Selain itu, landasan itu sendiri juga memiliki landasan yaitu landasan tertinggi. Landasan tertinggi yaitu spiritual.

    ReplyDelete
  132. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Landasan merupakan pijakan, titik tolak atau fondasi dari segala hal. Dengan landasan segala sesuatu di harapkan menjadi baik dan mempunyai arah. Dan sebagai pendidik hendaknya kita mengingat landasan kita dalam mendidik, diantaranya religius, filosofis, ilmiah dan yuridis.

    ReplyDelete
  133. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Landasan menjadi hal yang sangat penting dalam segala hal. Landasan menentukan arah pencapaian tujuan. Jika kita melakukan sesuatu tanpa landasan, berarti kita hanya asal-asalan. Sesuatu yang dilakukan dengan asal-asalan cenderung tidak baik. Berbicara saja harus ada landasannya, kalau hanya asal berbicara bisa jadi akan menyakiti orang lain. Seperti yang sudah dicontohkan oleh Prof. Marsigit dalam tulisan di atas.

    ReplyDelete
  134. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Artikel tentang landasan ini sangat bagus. Landasan bukan hanya yang terlihat secara fisik tapi juga metafisik atau makna filosofi yang terkandung didalamnya. Contohnya seperti pada artikel yaitu landasan rumah. Pada dimensi fisik kita melihat hanya fondasi hingga atap namun pada dimensi metafisik sudah tergantung banyak makna yang tidak terlihat mata namun dirasakan dengan hati. Landasan adalah motivasi yang menggerakkan kita untuk mencapai tujuan.

    ReplyDelete
  135. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika 2018 A
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Terimakasih atas tulisan Bapak yang lagi-lagi selalu mengingatkan dalam kebaikan. Hidup ini harus memiliki landasan yang kuat. Landasan yang kuat salah satunya berasal dari spiritual yaitu iman dan taqwa, dan tak lupa lagi Allah telah menurunkan perintah yang digunakan sebagai landasan hidup di dunia. Apa itu? AL-Quran. Al-Quran dijadikan landasan bagi orang beriman dan mempercayai Tuhan Allah SWT. Landasan itu juga bisa diartikan pegangan hidup. Saat hati kita sedih, murung, mudah terluka, mudah tersinggung, itu berarti landasan kita belum kuat untuk menerima ujian, terpaan, cobaan dalam kehidupan. Begitu juga dengan perbuatan yang kita lakukan selalu mengutamakan landasan yang baik. Sopan santun, etika, norma. Dengan landasan yang kuat segala sesuatu akan menjadi mudah dan tentunya hal itu tidak terlepas dari pertolongan Allah SWT.

    ReplyDelete
  136. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Landasan yang baik akan menyumbang kekokohan suatu hal yang dibangun. Landasan perlu diingat sebagai pijakan dalam melakukan kegiatan. Tersirat nasihat dari percakapan di atas. Dimanapun, kapanpun, kepada siapapun, bagaimanapun kondisinya, apapun yang terjadi, kita harus punya sopan santun ketika berbicara dan berbuat. Apa yang kita katakan dan kita lakukan dapat mencerminkan siapa diri kita ini. Menjaga martabat dan harga diri itu perlu.

    ReplyDelete
  137. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Terima kasih prof, telat mengingatkan kepada kita betapa pentignya landasan dalam hidup. Semua yang dapat berdiri tegak pasti terdapat landasannya. Ada dua tipe manusia, berlandaskan dan tidak berlandaskan. Landasan dari semua landasan adalah landasan agama,yakni iman yang harus diimbangi oleh ilmu pengetahuan. Dengan adanya landasan dalam diri seseorang, maka tujuan hidup akan tercapai.

    ReplyDelete
  138. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Bangunan yang tampak megah namun tidak punya landasan yang kokoh, tidak akan bertahan dengan kemegahannya. Layaknya manusia, landasan adalah dasar pijakan untuk menentukan seberapa kuat seseorang. Diperhadapkan dengan banyak masalah ia akan tetap berdiri tegar.
    Pesawat yang terbang, perlu landasan untuk mendarat. Layaknya manusia, landasan adalah dasar seseorang untuk menentukan kemana ia harus pergi, dan bagaimana ia membuat keputusan.
    Terima kasih untuk tulisannya, Prof..
    Salam cendekiawan

    ReplyDelete
  139. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  140. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Landasan itu sama dengan pijakan atau dasar. Sudah semestinya segala sesuatu dikehidupan ini memiliki landasan, karena segala sesuatu diciptakan dengan sebuah tujuan, dan untuk mencapai tujuan tersebut tentu adanya sebuah dasar. Dan yang menjadi permasalahan bagaimana kita memilih yaitu memilih untuk berlandasakan atau tidak berlandaskan karena suatu tujuan akan benar-benar tercapai jika kita memegang prinsip landasan tersebut dengan kuat.

    ReplyDelete
  141. Samsul Arifin
    18701261007
    S3 PEP 2018

    Landasan=dasar yang fundamental..Segala sesuatu di kehidupan ini harus punya landasan..Seseorang akan mampu menyesuaikan dengan norma yang ada apabila mengetahui dan memahami landasan yang harus dibangun dan yang dibutuhkan. Landasan hidup yang baik adalah landasan yang selaras dengan berlakunya norma. Landasan yang selaras dengan norma,akan berakibat suatu bentuk kenyamanan dan kebahagian.
    Landasan juga pintu seseorang untuk mencapai tujuan...Bukankah "Landasan" di Bandara/Pangkalan Udara juga menentukan keberhasilan misi utama pesawat mencapai tujuannya?

    ReplyDelete
  142. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    saya paham, kita hidup ini harus punya landasan. kalo pengen mendapatkan yang baik, maka berlandaskanlah yang baik. Tetapi kalo kita berlandaskan dengan yang buruk, maka kita akan mendapatkan keburukan.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    ReplyDelete
  143. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Terimakasih pak untuk sepenggal dialog di atas. Saya menjadi lebih paham bahwa segala sesuatu yang kita lakukan harus diawali dengan suatu landasan yang jelas. Landasan tersebut bisa berupa suatu alasan mengapa kita melakukan sesuatu tersebut. Karena jika suatu yang kita lakukan tidak berlandasan maka tujuannya pun takkan dicapai dengan baik.

    ReplyDelete
  144. 18701261002
    S3 PEP

    Salam Hormat, Prof.
    Terima kasih untuk penjelasan terkait dengan landasan. melalui percakapan diatas, saya menambah wawasan saya. namun, saya belum dapat memahami secara penuh percakapan tersebut karena keterbatasan saya untuk memahami makna dari kalimat-kalimat dalam bahasa Jawa. dari percakapan di atas, yang saya pahami adalah bahwa landasan merupakan dasar pijakan. seperti halnya suatu penelitian, memiliki landasan yaitu teori-teori yang mendasari penelitian tersebut. Terima Kasih, Prof.

    ReplyDelete
  145. Besse Rahmi Alimin
    S2. PM.B 2018
    Landasan ?
    Bagi saya, setiap persoalan pasti ada landasannya, bahkan landasan pun ada landasannya, maka esensinya adalah kehidupan berlandaskan kehidupan itu sendiri, dst

    ReplyDelete
  146. Muhammad Fendrik
    18706261001
    S3 Dikdas 2018
    Banyak yang mengatakan bahwa landasan adalah pondasi. Landasan yang kuat tentunya mempunyai arti pondasi yang kokoh. Setiap pondasi tentunya harus tertanam kuat di dalam diri seseorang karena semakin tinggi dan bermacam ilmu yang di dapat jika tidak di barengi dengan pondasi yang kuat maka lambat laun akan berpengaruh terhadap katahanan pondasi yang harus menanggung bermacam ilmu dan bobot ilmu itu sendiri. Akan tetapi pondasi yang pertama dan utama adalah pondasi iman dan takwa kita kepada Tuhan yang Maha Kuasa terhadap segala yang diberikannya kepada kita termasuk kemampuan berpikir dan menambah ilmu pengetahuan agar dapat digunakan untuk kebermanfaatan diri kita sendiri dan orang lain..Terima kasih Prof untuk berbagi ilmunya.

    ReplyDelete
  147. hendra B.
    1870162108
    PEP-S3 2018

    segala sesuatu memilik landasan, seperti disampaikan di atas. tak ada sesuatu pun yang tak memiliki landasan.
    landasan yang kita pijak haruslah kuat, haruslah seimbang, harus mampung menampung beban yang berat jika tidak maka orang-orang yang berada diatas landasan yang tidak stabil itu maka akan mendapati dirinya dalam ketidakseimbangan.

    ReplyDelete
  148. hendra B.
    1870162108
    PEP-S3 2018

    segala sesuatu memilik landasan, seperti disampaikan di atas. tak ada sesuatu pun yang tak memiliki landasan.
    landasan yang kita pijak haruslah kuat, haruslah seimbang, harus mampung menampung beban yang berat jika tidak maka orang-orang yang berada diatas landasan yang tidak stabil itu maka akan mendapati dirinya dalam ketidakseimbangan.

    ReplyDelete
  149. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B

    Dalam hidup manusia harus memiliki landasan. Landasan itu bak pondasi. Apabila pondasi tersebut tidak kokoh maka apabila ada diterpa angin yang sangat kuat maka akan roboh dengan mudahnya. Begitu juga hidup manusia, apabila landasan hidupnya tidak kuat dan tidak jelas maka ketika diterpa ujian ia tidak akan kuat menghadapinya. Landasan hidup juga mencerminkan kualitas dari kehidupan seseorang.

    ReplyDelete
  150. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pentingnya sebuah landasan adalah sebagai pedoman untuk menjalani kehidupan yang baik dan bermanfaat. sebaik-baiknya landasan adalah berdasarkan Al-Quran dan Pancasila.

    ReplyDelete
  151. Desi Nurwidawati
    18701261009 S3 PEP 2018

    Landasan merupakan dasar dalam bersikap, berfikir, dan beragama. Dalam hidup harus selalu memiliki landasan dengan nilai-nilai agama,norma, dan etika. Hidup tanpa landasan ibarat pesawat terbang tanpa tujuan akhir. Hidup dengan landasan agama,norma,dan etika akan membawa hidup kita bertujuan, yaitu Tujuan hidup kita adalah Alloh Subbahanna Wa Taallah yang pada kehidupan bermasyarakat kita menjadi insan yang Rahmatan Lil'alamiin.

    ReplyDelete
  152. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Terimakasih banyak Bapak Prof. Marsigit atas ilmunya. Landasan merupakan sesuatu yang mendasari sesuatu yang lain terbentuk. Landasan sebagai pondasi atau sebuah dasar pijakan bagi manusia hidup di dunia ini. Tanpa landasan, hidup manusia tidak punya arah yang jelas untuk membawa ke mana orientasi hidupnya. Terbentuknya pengalaman karena landasan niat, sikap, ilmu, dan keterampilan. Salah satu yang ditulis dalam artikel di atas adalah landasan agama adalah iman. Keimanan manusia kepada Allah mempunyai nilai yang sangat tinggi dalam hidup dan kehidupan manusia di dunia. Kehidupan di dunia ini ada artinya, maksudnya bukan sekedar hidup hanya hidup dan sesudah itu lalu mati, dan tidak ada lagi kelanjutannya. Seluruh amal perbuatan manusia tidak akan sia-sia. Apa yang dikerjakannya sekarang merupakan bentuk keinginan dan hidup kedua mendatang. Keimanan kita kepada Allah membawa dampak positif dalam kehidupan bersama dalam masyarakat.

    ReplyDelete
  153. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Terimakasih Bapak untuk ilmunnya. Landasan merupakan suatu hal yang paling dasar dari segala sesuatu, jika landasannya bagus inshAllah apapun tujuannya pasti berakhir bagus. Dalam segala hal landasan amatlah penting, tanpa suatu landasan kita semua akan berjalan tanpa arah dan tujuan, apapun itu, baik perkataan, tindakan, dll, contohnya saja dalam perkataan atau ucapan, sebelum mengatakan sesuatu harus didasari dengan pikiran dan hati yang kuat dan bersih, agar segala sesuatu yang kita ucapkan terarah dan tidak menyakiti orang lain.

    Wassalamu'alaikum Wr Wb.

    ReplyDelete
  154. Ady Ferdian Noor
    Dikdas S3

    hidup dalam belajar memang hanya dua berlandaskan atau tidak berlandaskan, berlandaskan berarti pola pikirnya dibentuk berdasarkan teori data fakta sehingga dia mampu berpikir secara runtut sedangkan tidak berlandaskan akan berpikir ngawur karena dia berpikir seenaknya dia dan menurut dia selalu benar..

    ReplyDelete
  155. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Terimakasih Pak atas ilmunya.
    Hidup tentu harus mempunyai landasan. Jika tidak mempunyai landasan, maka kita akan terombang ambing tanpa arah. Adanya landasan dalam hidup dapat membawa kita pada kebahagiaan yang hakiki.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  156. Aji Joko budi pramono
    PEP s-3 2018
    18701261003

    Landasan adalah fondasi salah satunya adalah filsafat merupakan akar kekuatan di dalam semua bidang termasuk bidang pendidikan berfilsafat ada pada semua tempat termasuk pada bernegara, filsafat bisa juga berarti pikiran berfikir sehingga filsafat tidak bisa dipisahkan dengan makna dari kata landasan semakin kuat filsafat semakin kuat landasan maka sebuah negara akan berdiri dengan tegak tak tergoyahkan

    ReplyDelete
  157. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum W.W
    Tanpa landasan yang kokoh segala sesuatu tidak akan berdiri dengan tegapnya. Saya sekali sentuh saja bisa roboh dan hancur berkeping-keping layaknya susunan gelas yang ditata seperti piramida terbalik. Seperti halnya matematika. Tanpa dilandasi dengan konsep-konsep yang kuat, suatu teori bisa goyah dan tidak akan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari jika landasannya saja sudah goyah
    Wassalamualaikum W.W

    ReplyDelete
  158. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  159. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Yang saya pahami pada artikel ini adalah landasan ada dua. landasan fisik dan landasan metafisik. landasan fisik adalah landasan yang konkrit dan landasan metafisik adalah landasan yang nonfisik paing tepatnya landasan penunjang. landasan ibarat pondasi, semakin kuat, lebar, dan besar pondasinya maka semakin kukuh, besar, tinggi, aman dan berkualitas bangunannya, begitupun sebaliknya. jadi kualitas bangunan itu tergantung pada pondasinya. landasan fisik dan metafisik harus seimbang jika berat sebelah maka tidak akan aman (sebagaiman anak bagong yang kesurupan). contoh dalam sehari-hari kuat bekerja keras dengan tujuannya yang salah semata-mata hanya karena ingin mendapat popularitas dan kurang berdo'a sewaktu-waktu akan gagal. Karna kurangnya do'a dan berserah diri, akhirnya ia meratapi kegagalannya terus menerus, kecewa, bersedih, putus asa, depresi hingga akhirnya gila.. Hilangnya kewarasan sudah menandakan tidak aman.

    ReplyDelete
  160. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Landasan, landasan adalah suatu titik tumpu awalan maupun akhiran. Mau lompat diawali dari landasan dan turun dalam landasan pula. Landasannya baik tapi salah dalam melompat atau mendarat, bakal terkilir juga. Landasannya buruk, sehebat apapun pasti resiko gagal tinggi. Dengan demikian hiduplan dengan landasan yang baik dan jadilah orang baik.

    ReplyDelete