Sep 25, 2017

*Atmospir*



Oleh: Marsigit UNY


*Limbuk*:
Lha kalau atmospir itu apa Ngik?

*Cangik*:
Arti denotatifnya, atmospir itu cuaca atau musim. Konotasinya: keadaan, suasana, suasana hati, suasana kebatinan, keadaan lingkungan hidup, dst.

*Limbuk*:
Manfaat atmospir ?

*Cangik*:
Atmorpir itu keadaan kejiwaan atau psikologis, yang ditopang dengan kondisi fisik yang menunjang, sehingga atmospir itu menghasilkan ikon atau kata, frasa atau kalimat kunci, misalnya: musim lebaran, minggu tenang, musim tanam, keadaan bergembira, keadaan berduka, keadaan waspada, keadaan gawat darurat, keadaan bersuka cita, keadaan berdoa, keadaan istirahat, keadaan sibuk, jam sibuk, puncak arus balik, dst...semua itu atmospir.

*Limbuk*:
Lha manfaatnya?

*Cangik*:
Atmospir itu menggambarkan suatu keadaan menuju puncak ikon tadi. Semua keadaan, semua sifat, semua lingkungan, semua kegiatan, semua pikiran dan semua perasaan tertuju pada ikon atmospir misalnya lebaran.

*Limbuk*:
Iya, manfaatnya?

*Cangik*: Sebagai anggota masyarakat akan lebih mudah, lebih lancar, lebih efektif dan lebih efisien jika beraktivitas dalam atmospirnya. Sebaliknya akan lebih sulit atau kurang kondusif jika diluar atmospirnya.

*Limbuk*:
Contohnya?

*Cangik*: Ya, orang akan lebih mudah cari Duren jika sudah musim Durian. Mudah mencari Kupat jika musim Lebaran. Mudah menjual buku jika sudah musim sekolah. Dst.

*Limbuk*:
Lha kalau cuma kaya gitu saja, kenapa harus ngerti atmospir.

*Cangik*:
Kamu tidak saya beri sangu, karena belum musim gajian. Jadi jika seseorang bekerja sesuai dengan musimnya, secara psikologis akan mendapat banyak kemudahan.

*Limbuk*:
Macam atau tingkatan atmospir ?

*Cangik*:
Ada: atmospir pribadi, atmospir bersama, atmospir kelompok, atmospir golongan, atmospir sosial, atmospir kantor, atmospir pasar, atmospir lembaga, atmospir institusi, atmospir keluarga, atmospir jalan raya, atmosfir pariwisata, dst.

*Limbuk*:
Tingkatan atmospir?

*Cangik*: Atmospir material, atmospir formal, atmospir normatif dan atmospir spiritual. Atmospir material, hujan angin. Atmospir formal, musim reses DPR. Atmospir normatif, sedang dilanda hoax. Atmospir spiritual, musim Haji.

*Limbuk*:
Sifat atmospir?

*Cangik*:
Atmospir itu betsifat kontekstual, bersifat mengalir dalam sejarah dan bersifat hidup. Kontekstual artinya atmospir itu terikat oleh ruang dan waktu. Mengalir dalam sejarah, artinya tidak ada atmospir yang terisolasi atau terputus atau tidak dapat dijelaskan. Atmospir itu hidup dan dihidupkan. Atmospir dirimu, adalah engkau yang menghidupkan. Atmospir negara adalah tokoh negara yang menghidupkan. Atmospir dunia adalah tokoh dunia yang menghidupkan. Atmospir alam semesta dan isinya adalah semata Kuasa Alloh SWT.

*Limbuk*:
Manfaat untuk saya?

*Cangik*:
Kamu dikatakan wajar atau normal jika kamu mengerti berbagai macam atmospir. Hidupmu akan dipermudah jika kamu bisa mengenali atmospir. Kamu mudah rundingan dengan saya jika atmospirnya cocok. Ingin pergi cari atmospir yang tepat. Ingin punya hajat, cari atmospir yang tepat. Ingin menanam, berdagang, menuntut ilmu, dst..cari atmospir yang tepat. Akan berperang saja mencari atmospir yang tepat. Orang ngibadah saja cari atmospir, kapan ngibadah yang paling ijabah. Semua persoalan dapat dicari dari atmospir yang tepat. Engkau dikatakan cerdas, jika engkau bisa mengenali atmospir-atmospir. Maka sebenar benar hidupmu itu adalah atmospir itu sendiri, karena atmospir itu hidup.

END

56 comments:

  1. Restu Widhi Laksana
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251022
    Bismillahirrokhmanirrokhim

    Dari artikel ini yang saya fahami adalah menjelaskan suatu pengetahuan pun harus memahami atmospir. Karena akan percuma penjelasan kita jika orang yang kita jelaskan tidak memahami atmospir yang sedang kita bangun. Maka hal ini memunculkan sebuah masalah baru dalam pikiran saya bahwa seorang guru mempunyai tantangan besar ketika siswanya bahkan tidak memahami atmospir penjelasan guru.
    Dari sini maka perlu sekali untuk seorang guru membangun atmospir belajar yang kondusif dan sesuai dengan pembelajaran. Sekaligus harus sesuai juga dengan tingkat pemahaman siswa, sehingga siswa masih dapat menjangkau penjelasan yang diutarakan guru.

    ReplyDelete
  2. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Atmosfir itu sifatnya dinamis menyesuaikan kejadian-kejadian yang muncul di suatu ruang waktu. Atmosfir menyesuaikan fenomena yang ada di suatu tempat..Seseorang bisa merasakan atmosfir, jika rasa, pikiran, jiwanya berada di satu ruang atmosfir yang sedang muncul.. contohnya kita akan merasakan atmosfir persaingan untuk kalah atau menang dalam suatu pertandingan jika jiwa, pikiran , rasa kita masuk dalam alam "pertandingan" yang sedang berlangsung..
    Nasehat leluhur kita utk mensiasati dengan atmosfir yang muncul adalah "eling papan lan panggon"..

    ReplyDelete
  3. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Saya sepakat bahwa kita dapat dengan mudah belajar jika berada pada atmosfir yang tepat. Atmosfir dapat diartikan sebagai kondisi lingkungan hidup dan kondisi jiwa. Seorang siswa mungkin saja lebih mudah menyerap materi jika materi diberikan pada apgi hari, ketika kondisi jiwa sedang bersemangat dan kondisi lingkungan sedang mendukung.

    ReplyDelete
  4. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018
    Terkait topik bahasan tentang Atmospir bahwa seperti yang tertulis dalah artikel ini dan kemudian saya kutip, yakni "Kamu dikatakan wajar atau normal jika kamu mengerti berbagai macam atmospir. Hidupmu akan dipermudah jika kamu bisa mengenali atmospir. Kamu mudah rundingan dengan saya jika atmospirnya cocok. Ingin pergi cari atmospir yang tepat. Ingin punya hajat, cari atmospir yang tepat. Ingin menanam, berdagang, menuntut ilmu, dst..cari atmospir yang tepat. Akan berperang saja mencari atmospir yang tepat. Orang ngibadah saja cari atmospir, kapan ngibadah yang paling ijabah. Semua persoalan dapat dicari dari atmospir yang tepat. Engkau dikatakan cerdas, jika engkau bisa mengenali atmospir-atmospir. Maka sebenar benar hidupmu itu adalah atmospir itu sendiri, karena atmospir itu hidup", bahwa dalam suatu kehidupan diatur oleh satu saja pembuat skenario kehidupan, namun sejumlah makhluk hidup termasuk manusia, masing-masing memiliki atmosir kehidupan yang berbeda.

    ReplyDelete
  5. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018
    Saya mendapat pelajar penting dari tulisan ini, dalam konteks diri saya sendiri bahwa segala sesuatu itu sangat tergantung pada ruang dan waktu. Dalam Bahasa yang sangat pribadi adalah “suasana hati”. Suasana hati itulah yang menjadi kunci segala hal yang akan kita lakukan. Suasana hati yang riang akan membuat hati, pikiran, dan langkah lancer. Demikian pula sebaliknya. Itulah atmosphir.

    ReplyDelete
  6. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Atmospir bisa berarti cuasa, suasana, keadaan, dan lain sebagainya. Hidup bisa lebih mudah jika mengenal atmorpir. Mengajarkan matematika kepada siswa bisa lebih mudah jika mengetahui keadaan dan kondisi dari siswanya. Mengerti bagaimana suasana hatinya, sehingga bisa mempersiapkan apa yang diperlukannya. Suasana hati yang baik dapat dapat memudahkan dalam kebaikan. Misalnya saja ketika memberi komentar kepada orang lain. Perlu kita mengetahui atmorpir dalam diri sendiri, karena jika keadaan diri sedang tidak aik atau sedang dalam masalah maka bisa menimbulkan masalah yang lainnya, bukannya memberikan komentar yang membangun malah memberikan komentar yang negatif. Untuk itu, perlunya kita mengetahui atmosfir diri agar dapat menyesuaikan keadaan yang ada dan bisa membantu dalam menghadapi tantangan yang ada.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  7. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    yang saya pahami dari artikel ini bahwa semua yang kita lakukan kita memerlukan atmospir. karena telah dijelaskan bahwa atmospir itu adalah hidup. setiap aktifitas yang kita lakukan bisa tercapai karena kita mengenal kata atmospir atau hidup.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  8. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kata amosfir dapat kita maknai suatu kondisi berdasarkan ruang dan waktu. Ketika kita ingin memutuskan langkah yang tepat maka lihatlah atmosfirnya dahulu apakah sesuai dengan kebutuhan. Karena kehidupan sangat dipengaruhi dengan bermacam-macam atmosfir. Jika kita berada pada atmosfir yang tepat maka tentu hidup kita akan lebih bermakna dan begitupun sebaliknya.

    ReplyDelete
  9. Darmanto Minggele
    18701264006
    S3 PEP 2018
    Dari surat Luqman ayat 18-19, ada beberapa perilaku yang mencerminkan akhlak dalam berinteraksi sosial yaitu menghargai orang lain, rendah hati, sederhana dan memiliki jiwa toleransi menurut saya inilah atmosfhir sosial yg harus dikuasai seseorang.

    ReplyDelete
  10. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Atmospir dalam elegi tersebut dapat diartikan menempatkan sesuatu sesai dengan ruang dan waktunya. Jika hidup dijalnkan sesuai dengan masanya atau sesuai dengan keadaan yang tepat makan akan menjadi lebih terencana dan lebih efisien, beda ketika suau kepentingan dilakukan tidak pada waktunya maka hasilnya pun juga tidak akan memuaskan. sehingga penempatan keadaan dan adaptasi yang bisa melihat kondisi disekitar untuk memutuskan sikap seperti apa yang akan dilakukan menjadi benar dan tepat.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Lukman
    18701264003
    S3 PEP 2018

    Merasakan Atmosphere Pagi-Diri

    Mendengar perayaan suara alam menyambut pagi hari ini...Kemprul berkata kepada
    Semprul:

    Kemprul: "Belajarlah merasakan getaran suaramu, bukan agar lebih indah didengar orang lain, tapi agar tdk menyakiti mereka."

    Semprul: "Bukannya agar diridloi Allah SWT Prul?"

    Kemprul: "Merasakan Athmosphere suaramu...pertanyaanmu teoritis...he he"

    Semprul tertunduk...

    ReplyDelete
  13. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Air pada botol aqua mempunyai batas berupa plastik yang menjadi wadahnya. Batas ini memungkinkan air untuk tidak tumpah dan terjaga kebersihannya sebelum di minum. Sama halnya dengan atmosfir yang ada di bumi yang melindungi isi bumi dari benda luar angkasa. Atmosfir dalam diri juga perlu ditingkatkan dari sebelumnya, karena banyak hal yang tidak terduga tiba-tiba bisa merasuk ke dalam tubuh, pikiran, hingga menggelayuti hati sehingga akan memberikan efek yang buruk, karena atmosfir dalam tubuh menolak yang buruk untuk masuk ke dalam tubuh.

    ReplyDelete
  14. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Atmosfir menyesuaikan fenomena yang ada di suatu tempat. Atmosfir dapat diartikan sebagai kondisi lingkungan hidup dan kondisi jiwa. Sebagai manusia kita harus selalu bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekita kita, sederhananya agar kita menjadi manusia yang kondisional.

    ReplyDelete
  15. Hanif cahyo adi kistoro
    S3 PEP / 18701264004

    semua yang ada didunia ada atsmosfernya. bumi punya atmosfernya. bahkan manusia juga punya atmostfer. atmosfer yang melindungi setiap benda atau makhluk ciptaan-Nya. seringkali kita lupa dan mngabaikan. bumi semakin menipis atmosfernya maka semakin berkurang daya tahannya. manusia semakin berkurang atmosfernya juga berarti semakin jauh dari Tuhan. maka kita perlu merawat dan menjaga yang menjadi benteng kita yaitu atmosfer kebaikan.

    ReplyDelete
  16. Darmanto Minggele
    18701264006
    S3 PEP
    Atmosphir ku maknai dengan Akhlak terhadap alam sekitar.

    ReplyDelete
  17. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Kondisi, suasana, latar, objek hidup, dan pergerakan waktu adalah komponen dari atmospir. Atmospir menjadikan suatu keadaan ruang dan waktu menjadi lebih spesifik sehingga seharusnya lebih mudah untuk dilihat, dipelajari, kemudian dipahami. Atmospir menjadikan manusia agar lebih peka melihat sekitar untuk kemudian menyiapkan langkah-langkah apa saja yang harus dipersiapkan demi mencapai suksesnya dalam beradaptasi. Atmospir seperti sebuah bingkai kehidupan yang senantiasa bergerak bersama waktu. Atmospir menjadi suatu peta bagaimana manusia bisa menemukan kemana arahnya melangkah untuk menggapai standart kelulusan hidup.
    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum
    Ahmad syajili
    S2 PMD 2019
    19709251066

    Atmospir bisa berarti cuasa, suasana, keadaan, dan lain sebagainya. Hidup bisa lebih mudah jika mengenal atmorpir.Atmospir menjadikan suatu keadaan ruang dan waktu menjadi lebih spesifik sehingga seharusnya lebih mudah untuk dilihat, dipelajari, kemudian dipahami. Atmospir menjadikan manusia agar lebih peka melihat sekitar untuk kemudian menyiapkan langkah-langkah apa saja yang harus dipersiapkan demi mencapai suksesnya dalam beradaptasi. Atmospir seperti sebuah bingkai kehidupan yang senantiasa bergerak bersama waktu.

    ReplyDelete
  19. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Setelah saya membaca artikel ini, saya menyimpulkan bahwa atmospir bisa berarti waktu. Kita harus tahu kapan atmospir yang tepat untuk melakukan sesuatu hal. Jika kita salah atmospir, maka yang terjadi adalah aktifitas yang kita lakukan akan terhambat, sulit, atau bahkan tidak berjalan sebagaimana semestinya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  20. Ainun Mahfuzah
    19706261011
    S3 Pendidikan Dasar 2019
    Assalamualaikum, wr.wb?
    Perumpamaan atmosfer dalam kehidupan . Hidup adalah hijrah. Ada interaksi masa sekarang dengan pengalaman masa lalu. Ketika menginginkan hidup yang lebih baik maka kerjakanlah sesuatu yang sulit ketika kamu mampu melakukan itu.
    Namun, atmosfer kehidupan sekarang ini cenderung memilih hal yang mudah, segala sesuatu cenderung menginginkan dengan cara yang instan. Terlebih lagi dengan kemajuan IPTEK, adanya berbagai aplikasi yang memudahkan kehidupan manusia. Seperti: gojek, grab, tokopedia, shopee, dll.
    Semua tergantung bagaimana diri kita ingin melalui berbagai proses & tahap kehidupan ini. Tentu, hal ini adalah dengan niat, usaha, doa, dan tawakkal mengharap ridho Allah SWT.
    Wassalam, wr.wb

    ReplyDelete
  21. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    S2 PEP A 2019

    Assallamuallaikum wr.wb
    Dalam artikel ini, atmospir yang saya tangkap adalah suatu keadaan atau kondisi yang sesuai dengan ruang dan waktu setiap individu. Memahami atmospir yang terjadi merupakan suatu bentuk dari proses beradaptasi untuk siap menghadapi dampak yang ditimbulkan. Hidup akan menjadi lebih mudah ketika sudah paham dalam mengenali atmospir yang berubah-ubah. Atmospir yang tepat, akan membuahkan hasil yang sesuai dengan tujuan yang ingin di dapat.

    ReplyDelete
  22. Heriansyah
    19701261017
    PEP S3 2019

    Atmospir kita yg ciptakan. Baik buruknya atmospir sangat tergantung kepada kita. Menjadi baik jika mendatangkan manfaat bagi kita dan orang di sekitar kita dan sebaliknya. Atmospir harus dikendalikan,direkayasa agar sesuai tujuan yang diinginkan. Ciptakan atmospir yg baik untuk hidup yang lebih baik.

    ReplyDelete
  23. Anna Isabela Sanam
    19701251001
    S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (2019)

    Artikel ini mengajarkan kita agar tidak menggiring diri sendiri ke dalam kesulitan. Tidak berada pada keadaan, ruang dan waktu dimana seharusnya kita tidak berada. Menyadari bahwa pemilik diri kita adalah diri kita sendiri. Seperti dituliskan atmospir memiliki tingkatan maka artinya bahwa kesulitan atau konsekuensi yang akan kita hadapi pula memiliki tingkatan. Intinya adalah jika ada jalan yang mudah mengapa harus memilih yang sulit? Topik ini sangat memotivasi saya dalam menetapkan konsentrasi dalam prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan ke depan, yaitu antara konsentrasi pengukuran dan evaluasi.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  24. Hanifah Nabila Hendral
    PEP S2 A 19701251003

    Assalamualaikum..atmospir berarti suasana, keadaan dan sebagainya yang di jelaskan oleh Cangik. benar sekali apapun itu kita harus sesuai dengan atmospir. untuk beribah haruslah pada atmospir yang tepat, karena jika tidak maka akan percuma dan tidak diterimanya ibadah kita. oleh karena itu setelah saya membaca artikel ini, saya dapat mengambil kesimpulan jika setiap atmospir membutuhkan ilmu

    wassalamualaikum

    ReplyDelete
  25. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Atmospir dapat artikan juga kondisi jiwa, suasana, keadaan jiwa manusia dalam konteks ruang dan waktu. Dalam Atmospir manusia, mereka sendiri yang menentukan bagaiman bersikap dan bertindak. semakin baik bersikap mencerminkan kondisi atmospir yang baik dan juga sebaliknya. Mengenali atmospir dapat mempermudah kita dalam menjalani kehidupan.

    ReplyDelete
  26. sintha fardu anggraeni
    197092510071
    S2 pendidikan matematika

    Dari dialog ini yang kami pahami adalah dalam mengambil suatu tindakan haruslah seseorang memahami situasi dan kondisi. situasi dan kondisi disini disebut sebagai atmosfir. apakah situasi dan kondisi sesuai atau tidak. Jika situasi dan kondisi sesuai dengan tindakan yang akan dilakukan, tentu saja akan lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Karena itu seseorang harus memiliki kemampuan untuk mengenali kondisi dan situasi.

    ReplyDelete
  27. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019
    Atmospir secara konotatif diartikan sebagai suatu keadaan atau suasana sehingga sesuai dengan artikel bapak, orang yang cerdas adalah orang yang dapat mengenali atmospir. Artinya, orang yang dapat memahami suasana ataupun keadaan dikatakan orang yang cerdas. Seseorang yang mampu memahami keadaan akan berpikir sebelum bertindak. Orang tersebut akan mempertimbangkan setiap risiko dari tindakan yang dia ambil sehingga keputusan yang diambil merupakan keputusan yang tepat.

    ReplyDelete
  28. Assalamu'alaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    19701241002
    PEP S2 A 2019
    Atmosfir adalah keadaan atau suasana hidup yang sesuai dengan ruang dan waktunya. Kesesuaian tersebut akan mengakibatkan kemudahan yang didapatkan sehingga kita sebgai manusia harus pintar-pintar mengenal atmosfir dalam hidup kita agar wahyu Allah bahwa setelah kesulitas pasti ada kemudahan dapat direliasasikan secara maksimal.
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  29. Meilan Lengkong
    S2 - PEP A 2019

    Syalom.
    Assalamualaikum.
    Atmotpir merupakan keadaan dimana kita dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dari keadaan yang timbul dari Atmospir itu sendiri. Atmospir terkadang bisa datang tidak akan sesuai dengan kondisi kita atau perasaan kita saat itu, maka kita harus siap sedia untuk menghadapi setiap Atmospir kehidupan kita masing-masing. karena Atmospir pun tidak dapat kita kendalikan kapan dan dimana, dan Atmospir tidak akan memilih siapa yang dituju, tetapi oleh karena keterikatan Atmospir itu terhadap ruang dan waktu, maka Atmospir bisa dikatakan sebuah Misteri Kehidupan.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat dengan pemilihan kata tergantung ruang dan waktu
      Karena prinsipnya atmosper Itu tergantung kapan dan dimana terjadinya.akan tetapi atmosphere itu bisa dikendalikan manakala kita menguasai ruang dan waktu dimana kita berada pada saat Itu

      Delete
  30. Ratna Hidayah
    19706261007
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum, wr.wb
    Atmospir diperumpamakan sebagai suatu suasana. Ada berbagai macam atmosfir, dan manusia dapat memperloeh kemudahan apabila manusia dapat peka dan dapat mengenali macam atmosfir tersebut. Dan pada dasarnya atmosfir itu dari untuk manusia itu sendiri. Sikap, perilaku, perkataan, sifat manusia lah yang dapat menciptakan atmosfir yang nanti nya akan berpengaruh terhadap kemudahan hidupnya.
    Misal: A dan B pernah berselisih paham tanpa diakhiri adanya saling minta maaf, artinya atmosfir antara dan B ini sedang tidak baik. Suatu saat A butuh bantuan B, tentunya A ini akan sulit mendapat bantuan dari B. Seorang muslim yang mengharapkan ridho dari Allah SWT, tentunya selalu berusaha menciptakan atmosfir yang baik dengan bertakwa kepada- NYA

    ReplyDelete
  31. Sepakat dengan pemilihan kata tergantung ruang dan waktu
    Karena prinsipnya atmosper Itu tergantung kapan dan dimana terjadinya.akan tetapi atmosphere itu bisa dikendalikan manakala kita menguasai ruang dan waktu dimana kita berada pada saat Itu

    ReplyDelete
  32. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Atmospir diartikan sebagai cuaca, keadaan ataupun suasana yang terjadi. Seseorang harus mengetahui atmosfir yang terjadi di sekitarnya sehingga ia dapat mengatasi masalah yang dihadapinya. Contohnya yaitu misalkan seseorang ingin membuat game di laptopnya. Namun sayangnya, laptopnya hanya memiliki RAM yang kecil dan processornya yang rendah. Apabila ia mengetahui atmosfir tersebut, pasti ia akan mengganti laptopnya atau meminjam laptop temannya yang mana laptop tersebut memiliki RAM lumayan besar dan processor yang lumayan tinggi. Sebaliknya, apabila ia tidak mengetahui atmosfer tersebut, atau ia mengetahuinya namun ia memaksakan kondisi tersebut atau bisa dibilang "bodo amat" terhadap atmosfer tersebut maka yang akan terjadi ialah laptop tersebut akan menjadi lambat loading (lemot) atau yang lebih parahnya ialah laptop tersebut mati total.

    ReplyDelete
  33. Choirul Amri
    (19709251078 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, seperti makna kata yang lain dalam filsafat kata atmosfir atau atmospir juga memiliki berbagai makna yaitu makna yang nyata wujudnya atau yang tidak nyata wujudnya. Makna dalam wujud nyata atmospir itu seperti dalam ilmu bumi atau geografi yaitu atmospir bumi, atau lapisan udara-udara diatas langit. Namun makna lain yang tidak tampak mata adalah atmosfir sebagai keadaan, suasana. Oleh karenanya dalam bertindak atau berada disuatu tempat kita harus mengerti atmosfernya dulu dan kita harus pandai-pandai menyesuaikan diri atau adaptasi.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  34. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dalam KBBI (daring), kata atmosfer memiliki tiga pengertian, yakni: “1 lapisan udara yang menyelubungi bumi sampai ketinggian 300 km (terutama terdiri atas campuran berbagai gas, yaitu nitrogen, oksigen, argon, dan sejumlah kecil gas lain); 2 satuan tekanan yang besarnya sama dengan tekanan udara pada permukaan laut (1,033 kg setiap cm2); 3 Sas suasana perasaan yang bersifat imajinatif dalam naskah drama yang diciptakan oleh pengarangnya.”
    Sehubungan dengan elegi di atas, kata atmosfer yang dimaksud merujuk pada pengertian yang ketiga.
    Kata atmosfer ini sudah lazim digunakan dalam keseharian, dengan pemaknaan yang kurang lebih sama, yakni menunjukkan suasana atau keadaan, yang bersifat ikonik dan kontekstual, baik material, formal, normatif, maupun spiritual. Meski begitu, penggunaannya mesti disesuaikan dengan tujuan, ruang, dan waktunya. Oleh karenanya, atmosfer mesti dipahami dan digunakan secara tepat (sesuai dengan ruang dan waktunya) serta tidak tumpang-tindih, sehingga kehidupan bisa berjalan sebagaimana mestinya.
    Misal, atmosfer bulan puasa tentunya tidak sama (atau tidak bisa disamakan) dengan atmosfer perniagaan. Atau, seorang petani tidak akan menanam padi di luar atmosfer cocok-tanam yang tepat, missalnya di musim kemarau.
    Dalam hal belajar, atmosfer akademik pun mesti tepa sebab jika tidak, proses pembelajaran tidak maksimal dan akan terganggu.
    Sebenar-benar atmosfer adalah diri manusia sendiri untuk menggapai atmosfer ridho dan kuasa Allah, Tuhan semesta alam.
    Demikianlah yang bias saya sampaikan. Mohon maaf dan terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  35. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Saya memahami hal penting dari tulisan ini, dalam konteks ini segala sesuatu itu sangat tergantung pada ruang dan waktu. bagaimana atmosfir merupakan suatu kondisi suasana perasaan dalam ruang dan waktu tertentu. atmosfir haruslah bisa dikendalikan manakala kita menguasai ruang dan waktu dimana kita berada pada saat itu.

    ReplyDelete
  36. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Yang dapat kita ambil mengenai postingan atmosfir ini adalah, segala sesuatu memerlukan atmosfirnya masing-masing. Kita perlu menyesuaikan diri untuk menciptakan atmosfir yang tepat. Sangat penting untuk mengenali atmosfir karena pada dasarnya kita akan merasa nyaman saat melakukan suatu hal ketika kita berada pada atmosfir yang tepat.

    ReplyDelete
  37. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Atmospir itu terikat oleh ruang dan waktu, serta bersifat mengalir dalam sejarah dan bersifat hidup. Keadaan ini, mengharuskan kita siap untuk menghadapi berbagai macam tantangan yang muncul. Cara kita beradaptasi dengan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan, akan memudahkan ketika menghadapi tantangan. Selanjutnya kita harus menciptakan atmospir yang sesuai dengan diri kita di ruang dan waktu sekarang.

    ReplyDelete
  38. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Yang menjadi inti atau pokok tulisan ini adalah kita diajak untuk mengenali atmospir kita sendiri. Sudah tepatkah atmospir yang kita pijaki. Latar belakang pendidikan saya adalah pendidikan Bahasa Inggris oleh karena itu memilih untuk menuntut ilmu di UNY prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan bagi saya merupakan atmospir yang sudah tepat. Karena bagi saya dengan menambah ilmu tentang berbagai metode penelitian dan terampil dalam melakukan evaluasi akan semakin menambah ilmu saya di bidang pendidikan sehingga kelak saya dapat berbagi ilmu tersebut ditengah masyarakat. semoga tulisan ini akan selalu menjadi motivasi bagi saya agar kelak mampu menemukan atmospir yang tepat dalam berbagi ilmu yang saya peroleh selama menuntut ilmu di UNY. Amin

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  39. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Atmospir yang saya pahami dari tulisan Prof Marsigit ialah atmospir tentang suasana atau keadaan. Setiap orang sebaiknya dapat membaca atmospir yang ada dan bertindak atau bersikap sesuai atmospirnya, dengan begitu segala macam hal yang ia lakukan akan mendapat kemudahan. Begitu juga ketika berinteraksi dengan individu lain, kita haruslah mampu membaca dan memahami atmospir setiap orang agar dapat menciptakan komunikasi yang baik.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  40. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Atmospir juga sangat dekat dengan pendidikan terutama untuk pendidikan anak , menurut yang saya baca ada tiga instrumen pendidikan yang boleh digunakan untuk mendidik anak – atmosfir alamiah, disiplin kebiasaan baik, dan penyajian ide-ide hidup.“Pendidikan adalah atmosfir, disiplin, kehidupan".
    Saat pendidikan adalah atmosfir maka dalam mendidik memanfaatkan kesempatan-kesempatan dalam lingkungan alamiah seseorang/ anak sehari-hari dan membiarkannya belajar dari orang-orang dan benda-benda di sekitarnya secara bebas. Belajar dari hal-hal nyata di dunia nyata dan mempercepat perkembangan kepribadian seseorang/anak. ini adalah contoh dari salah satu atmosfir

    Dan dari tulisan blog ini, semakin menambah wawasan mengenai makna,fungsi, tingkatan,dll mengenai atmosfir. Atmosfir bermakna global dan merangkum dalam segala aspek. Karena atmosfir mampu membentuk seseorang menjadi seperti apa, harus melakukan apa, dan banyak lagi.

    terima kasih prof.atas ilmunya sehingga wawasan saya semakin bertambah dan berkembang

    ReplyDelete
  41. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Atmosfir adalah keadaan, yang memayungi keadaan-keadaan yang lain. Atmospir menjadikan suatu keadaan ruang dan waktu menjadi lebih spesifik. Atmosfir diharapkan untuk menjadikan manusia agar lebih peka melihat sekitar untuk kemudian menyiapkan langkah-langkah apa saja yang harus dipersiapkan demi mencapai suksesnya dalam beradaptasi menembus ruang dan waktu. Atmosfir menjadi suatu peta bagaimana manusia bisa menemukan kemana arahnya melangkah untuk menggapai standart kelulusan hidup. Atmosfir adalah hidup dan dihidupkan. Apa yang hidup harus dihidupkan pula oleh yang sedang hidup tersebut.

    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  42. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Atmosfir itu terjadi berdasarkan tindakan kita. Bagi saya pemahaman yang saya dapatkan itu misalnya saat kita bekerja dengan baik dan ramah maka atmosfirnya akan terasa bersahabat. Kalau sebaliknya maka atmosfirnya terasa tidak bersahabat. Menciptakan atmosfir yang bersahabat dan kondusif itu memang tidak mudah karena butuh yang namanya adaptasi terlebih dahulu. Namun alangkah baiknya memulai dengan sesuatu yang baik dan bersikaplah positif sesuai dengan ruang dan waktu. Terima kasih.

    ReplyDelete
  43. Achmad Rante Suparman
    19701261010
    PEP S3 2019


    Assalamualaikum Wr Wb.
    Terima kasih atas tulisannya Prof.

    Atmosfir, penyesuaian keadaan ketika ditempatkan sesuai dengan ruang dan waktu.

    berbicara dengan orang lain akan lebih paham, jika kita menyesuaikan dengan atmosfir yang ada.
    berbicara tenang masalah sepak bola, maka harus sesuai dengan atmosfir sepak bola.

    Pahami apa yang kita katakan, sesuaikan dengan perkataan orang adalah bagian dari atmosfir.
    kenali atmosfirnya, maka kemudahan dan kebaikan akan selalu bersama kita.

    ReplyDelete
  44. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Dalam sebuah cerita, latar dijadikan sebagai atmosfer. Atmosfer dalam sebuah cerita merupakan udara yang dihirup pembaca sewaktu memasuki dunia rekaan. Khususnya suasana romantis, berduka, misteri, dan sebagainya. Suasana yang diciptakan tadi tidak dideskripsikan secara langsung, eksplisit, namun merupakan suatu yang tersarankan. Dengan kemampuan imajinasi dan kepekaan emosional yang dimiliki pembaca, maka mereka mampu menangkap pesan suasana. Hal tersebut sejalan dengan apa yang dijabarkan oleh Bapak di atas seperti macam atau tingkatan atmospir yaitu atmospir pribadi, atmospir bersama, atmospir kelompok, atmospir golongan, atmospir sosial, atmospir kantor, atmospir pasar, atmospir lembaga, atmospir institusi, atmospir keluarga, atmospir jalan raya, atmosfir pariwisata, dst.

    ReplyDelete
  45. Hermawan Wahyu S
    Dikdas S3
    19706261012
    Ass wr wb
    Pada prinsipnya kehidupan tidak terlepas dari Atmospir yang merupakan keadaan dimana kita dituntut untuk peka terhadap keadaan yang ditimbulkan oleh atmospir itu sendiri. Atmospir terkadang datang tidak sesuai dengan pikiran dan kondisi kita saat itu. maka kita harus siap untuk menghadapi atmospir kehidupan kita masing-masing. maka atmospir bias dikatakan merupakan sebuah misteri kehidupan
    Wass wr wb

    ReplyDelete
  46. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dalam dialog di atas, Cangik mengatakan bahwa, "Arti denotatifnya, atmospir itu cuaca atau musim. Konotasinya: keadaan, suasana, suasana hati, suasana kebatinan, keadaan lingkungan hidup, dst" sudah mewakilkan makna atmosfir itu sendiri. Dan setelah saya membaca dialog percakapan di atas, saya sadar bahwa kita sendiri dapat menciptakan dan mengenali atmosfer kita sendiri. Tentunya dengan mengasah perasaan dan kepekaan kita.

    ReplyDelete
  47. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb

    Dari yang saya baca, atmosfir adalah keadaan dan suasana yang dapat berubah-ubah. Atmosfir adalah keadaan sesuai dengan ruang dan waktu. Maka dari itu sebagai manusia harus bisa mengenali, memilah dan mengendalikan suatu atmosfir.

    ReplyDelete
  48. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Apapun suasana yang kita rasakan adalah atmospir, baik itu positif maupun negatif. Atmospir terus mengalir dalam sejarah dan bersifat hidup. Karena atmospir terikat ruang dan waktu. Selalu andalkan Tuhan dalam setiap langkah yang kita lakukan, maka atmospir akan selalu memberikan energy positif kepada diri kita. Hal ini berakibat, hidup kita akan selalu bersyukur dan enjoy. Selain untuk diri kita, energy positif juga akan mendamaikan lingkungan sekitar kita. Jadi, selalu bersyukur dan berpikir positif adalah kunci merangkul atmospir-atmospir menjadi baik.

    ReplyDelete
  49. Dea Armelia
    19709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Seperti hal nya berbicara, Seringkali kita berkomentar atau mengemukakan sesuatu pada saat yang kurang tepat, tidak melihat situasi dan kondisi, yang mana komentar tersebut pada dasarnya bisa diucapkan di lain waktu, saat orang tersebut misalnya berada dalam atmosfir pikiran yang tenang. Tapi itulah kekurangan kita sebagai manusia, kurang peka terhadap situasi.
    Kita harus Melatih diri untuk menahan gejolak dan melihat kondisi saat topik diskusi dikemukakan. Berpikir berkali-kali untuk melontarkan sesuatu. Apakah pantas, apakah harus dikomentari dan apakah waktunya atau keadaannya sudah tepat atau tidak.

    ReplyDelete
  50. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya mendapakan pelajaran penting dari sini. Ketika kita akan melaksanakan sesuatu hendaklah mencari atmosfir yang sesuai. Jika atsmosfir di sekitar tidak sesuai maka akan sulit untuk mencapai tujuan tersebut.

    ReplyDelete
  51. Duden Saepuzaman
    NIM. 19701261008
    S3 PEP 2019

    Setelah saya membaca tulisan prof di atas, sekali membaca jujur saya masih belum menegerti, saya coba terus baca...sepemahaman saya setelah membaca tulisan ini esensi dari kata atmosfir selain tinjauan fisik berupa lapisan-lapisan udara, atmosfir disini didefinisikan sebagai kondisi, keadaan atau momen yang tepat..apakah bisa dikatakan seperti itu prof? Mhon pencerahannya prof....Terima kasih prof

    ReplyDelete
  52. Mengenali atmospir dalam bahasa filsafat bisa disamaartikan dengan mengenali ruang dan waktu. Atmospir secara sederhana bisa dimaknai sebagai lingkungan dan mengenali atmospir dapat digantikan dengan kata adaptasi. Kemampuan mengenali atmospir atau kemampuan beradaptasi ini sangat penting dimiliki oleh setiap makhluk hidup untuk dapat melangsungkan kehidupan, termasuk manusia. Setiap manusia normal perlu beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan atmospirnya yang senantiasa berubah-ubah menurut ruang dan waktunya.

    Ikhsanudin (PEP-S3/19701261001)

    ReplyDelete
  53. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Pada ilmu filsafat kata atmosfir atau atmospir memiliki berbagai makna yaitu makna yang nyata wujudnya atau yang tidak nyata wujudnya. Makna dalam wujud nyata atmospir itu seperti dalam ilmu bumi atau geografi yaitu atmospir bumi, atau lapisan udara-udara diatas langit. Dan saat kita kaitkan dalam pendidikan, Atmospir juga sangat dekat dengan pendidikan terutama untuk pendidikan anak , menurut yang saya baca ada tiga instrumen pendidikan yang boleh digunakan untuk mendidik anak – atmosfir alamiah, disiplin kebiasaan baik, dan penyajian ide-ide hidup.“Pendidikan adalah atmosfir, disiplin, kehidupan".
    Saat pendidikan adalah atmosfir maka dalam mendidik memanfaatkan kesempatan-kesempatan dalam lingkungan alamiah seseorang/ anak sehari-hari dan membiarkannya belajar dari orang-orang dan benda-benda di sekitarnya secara bebas. Belajar dari hal-hal nyata di dunia nyata dan mempercepat perkembangan kepribadian seseorang/anak. ini adalah contoh dari salah satu atmosfir . oleh karena itu atmosfir bermakna sangat global dan merangkum dalam segala aspek. Karena atmosfir mampu membentuk seseorang menjadi seperti apa, harus melakukan apa, dan banyak lagi.

    ReplyDelete
  54. Muh. Asriadi AM
    19701251008
    S2 PEP A 2019
    Dari artikel yang dapat saya pahami adalah Atmosfir itu sifatnya dinamis menyesuaikan kejadian-kejadian yang muncul di suatu ruang waktu. Atmosfir menyesuaikan fenomena yang ada di suatu tempat..Seseorang bisa merasakan atmosfir, jika rasa, pikiran, jiwanya berada di satu ruang atmosfir yang sedang muncul.Atmospir bisa juga berarti cuasa, suasana, keadaan, dan lain sebagainya. Hidup bisa lebih mudah jika mengenal atmorpir. Mengajarkan matematika kepada siswa bisa lebih mudah jika mengetahui keadaan dan kondisi dari siswanya. Mengerti bagaimana suasana hatinya, sehingga bisa mempersiapkan apa yang diperlukannya. Selain itu Atmospir dalam elegi tersebut dapat diartikan menempatkan sesuatu sesai dengan ruang dan waktunya. Jika hidup dijalnkan sesuai dengan masanya atau sesuai dengan keadaan yang tepat makan akan menjadi lebih terencana dan lebih efisien, beda ketika suau kepentingan dilakukan tidak pada waktunya maka hasilnya pun juga tidak akan memuaskan. Atmospir seperti sebuah bingkai kehidupan yang senantiasa bergerak bersama waktu. Atmospir menjadi suatu peta bagaimana manusia bisa menemukan kemana arahnya melangkah untuk menggapai standart kelulusan hidup

    ReplyDelete
  55. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Atmospir sering diartikan sebagai keadaan, suasana, suasana hati, keadaan lingkungan dan sebagainya. Memahami atmospir sekitar itu sangat penting, karena dengan memahaminya kita dapat menyesuaikan dan masuk dalam aktivitas atmospir tersebut. Misalnya pendidikan di sekolah, seorang guru dapat dengan mudah menyampaikan pembelajaran jika guru mampu memahami atmospir peserta didiknya. Jika guru mampu memahami atmospir peserta didiknya, maka hal tersebut dapat menguntungkan kedua belah pihak khususnya dalam capaian pembelajaran.

    ReplyDelete