Sep 25, 2017

*Atmospir*



Oleh: Marsigit UNY


*Limbuk*:
Lha kalau atmospir itu apa Ngik?

*Cangik*:
Arti denotatifnya, atmospir itu cuaca atau musim. Konotasinya: keadaan, suasana, suasana hati, suasana kebatinan, keadaan lingkungan hidup, dst.

*Limbuk*:
Manfaat atmospir ?

*Cangik*:
Atmorpir itu keadaan kejiwaan atau psikologis, yang ditopang dengan kondisi fisik yang menunjang, sehingga atmospir itu menghasilkan ikon atau kata, frasa atau kalimat kunci, misalnya: musim lebaran, minggu tenang, musim tanam, keadaan bergembira, keadaan berduka, keadaan waspada, keadaan gawat darurat, keadaan bersuka cita, keadaan berdoa, keadaan istirahat, keadaan sibuk, jam sibuk, puncak arus balik, dst...semua itu atmospir.

*Limbuk*:
Lha manfaatnya?

*Cangik*:
Atmospir itu menggambarkan suatu keadaan menuju puncak ikon tadi. Semua keadaan, semua sifat, semua lingkungan, semua kegiatan, semua pikiran dan semua perasaan tertuju pada ikon atmospir misalnya lebaran.

*Limbuk*:
Iya, manfaatnya?

*Cangik*: Sebagai anggota masyarakat akan lebih mudah, lebih lancar, lebih efektif dan lebih efisien jika beraktivitas dalam atmospirnya. Sebaliknya akan lebih sulit atau kurang kondusif jika diluar atmospirnya.

*Limbuk*:
Contohnya?

*Cangik*: Ya, orang akan lebih mudah cari Duren jika sudah musim Durian. Mudah mencari Kupat jika musim Lebaran. Mudah menjual buku jika sudah musim sekolah. Dst.

*Limbuk*:
Lha kalau cuma kaya gitu saja, kenapa harus ngerti atmospir.

*Cangik*:
Kamu tidak saya beri sangu, karena belum musim gajian. Jadi jika seseorang bekerja sesuai dengan musimnya, secara psikologis akan mendapat banyak kemudahan.

*Limbuk*:
Macam atau tingkatan atmospir ?

*Cangik*:
Ada: atmospir pribadi, atmospir bersama, atmospir kelompok, atmospir golongan, atmospir sosial, atmospir kantor, atmospir pasar, atmospir lembaga, atmospir institusi, atmospir keluarga, atmospir jalan raya, atmosfir pariwisata, dst.

*Limbuk*:
Tingkatan atmospir?

*Cangik*: Atmospir material, atmospir formal, atmospir normatif dan atmospir spiritual. Atmospir material, hujan angin. Atmospir formal, musim reses DPR. Atmospir normatif, sedang dilanda hoax. Atmospir spiritual, musim Haji.

*Limbuk*:
Sifat atmospir?

*Cangik*:
Atmospir itu betsifat kontekstual, bersifat mengalir dalam sejarah dan bersifat hidup. Kontekstual artinya atmospir itu terikat oleh ruang dan waktu. Mengalir dalam sejarah, artinya tidak ada atmospir yang terisolasi atau terputus atau tidak dapat dijelaskan. Atmospir itu hidup dan dihidupkan. Atmospir dirimu, adalah engkau yang menghidupkan. Atmospir negara adalah tokoh negara yang menghidupkan. Atmospir dunia adalah tokoh dunia yang menghidupkan. Atmospir alam semesta dan isinya adalah semata Kuasa Alloh SWT.

*Limbuk*:
Manfaat untuk saya?

*Cangik*:
Kamu dikatakan wajar atau normal jika kamu mengerti berbagai macam atmospir. Hidupmu akan dipermudah jika kamu bisa mengenali atmospir. Kamu mudah rundingan dengan saya jika atmospirnya cocok. Ingin pergi cari atmospir yang tepat. Ingin punya hajat, cari atmospir yang tepat. Ingin menanam, berdagang, menuntut ilmu, dst..cari atmospir yang tepat. Akan berperang saja mencari atmospir yang tepat. Orang ngibadah saja cari atmospir, kapan ngibadah yang paling ijabah. Semua persoalan dapat dicari dari atmospir yang tepat. Engkau dikatakan cerdas, jika engkau bisa mengenali atmospir-atmospir. Maka sebenar benar hidupmu itu adalah atmospir itu sendiri, karena atmospir itu hidup.

END

116 comments:

  1. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari dialog ini yang kami pahami adalah dalam mengambil suatu tindakan haruslah seseorang memahami situasi dan kondisi (atmosfir), apakah cocok atau tidak. Jika situasi dan kondisi sesuai dengan tindakan yang akan dilakukan, tentu saja akan lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Karena itu seseorang harus memiliki kemampuan untuk mengenali kondisi dan situasi.

    ReplyDelete


  2. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Begitu pentingnya atmospir yang sesuai dengan ruang dan waktu. Segala hal dapat menjadi mudah jika atmospirnya tepat. Kita harus tahu dan dapat mengenali pada diri kita sendiri atas atmospir tersebut. Ini juga akan memudahkan seseorang untuk mengambil keputusan yang tepat. Selain itu, mempermudah dalam menyusun rencana. Setiap atmospir memiliki pola dan pergantian tergantung pada masanya. Hal ini dapat berarti bahwa antara satu atmospir berbeda dengan atmospir lainnya. Misalnya, dalam promosi jabatan di perusahaan hanya terjadi pada saat tertentu dan tidak dapat terjadi pada setiap bulannya. Individu tidak dapat memaksakan jika memang tidak sesuai antara keinginan dan atau kebutuhan dengan atmospirnya. Semua akan berjalan mulus saat memang berada dalam masanya serta mampu menikmati akan suatu proses dan hasil yang menyertainya.

    ReplyDelete
  3. Junianto
    PM C
    17709251065

    Atmospir bisa saya pahami sebagai suatu situasi dan kondisi dimana seseorang bisa melakukan sesuatu dengan optimal. Ini salah satu makna atmospir dalam kehidupan yang bisa saya pahami, tentu ada makna lain jika dilihat dari ilmu tertentu. Di ilmu bumi ada atmospir yang mungkin secara makna berbeda dengan apa yang saya sampaikan di atas. Dari postingan Prof ini, mengansung pelajaran bahwa jika kita ingin melakukan sesuatu dengan optimal, baik dari segi proses maupun hasilnya maka lakukanlah pada atmospir yang tepat.

    ReplyDelete
  4. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Kenali atmospirmu maka engkau akan menguasai dirimu.
    Kenali Atmospir negaramu maka engkau tidak akan dibodohi penguasamu.
    Kenali Atmospir alammu maka dengan ridhoNya sejahtera lah hidupmu.

    ReplyDelete
  5. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Seseorang yang hidup harus menghadapi berbagai persoalan. Terkadang seseorang merasa putus asa dalam menghadapinya.
    Setelah saya membaca, saya belajar tentang atmospir dan pentingnya memahami setiap atmospir agar dapat menyelesaikan setiap persoalan yang dihadapi. Untuk memahami atmospir, harus menggunakan ilmu.
    Jadi untuk menghadapi persoalan hidup diperlukan ilmu. Ilmu itu milik Allah SWT. Untuk mendapatkannya seseorang harus berikhtiar dan memohon ridho Allah SWT dengan penuh keikhlasan.

    ReplyDelete
  6. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Atmosfir yang saya pahami disini seperti keadaan atau lingkungan. Kita sebagai manusia harus bisa membaca atosfir agar bisa membaur dengan orang lain. Atmosfer sangat penting bagi kehidupan kita. Jika kita tidak mengetahui atmosfir selain diri kita, akan terciptanya sifat intoeran terhadap sesama. Hal ini yang mengakibatkan ketidak akuran umat di dunia ini. Mereka terlalu sibuk dengan atmosfir mereka sehingga tidak mempedulikan atmosfer orang lain.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  7. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Ada beberapa gambaran yang sangat indah mengenai atmospir.Seperti gambaran filsafat” sebaik- baikanya filsafat adalah dirimu sendiri, begitupula dengan atmospir “Atmospir dirimu adalah engkau yang menghidupkannya.Atmospir ketika sholat misalnya di Mekkah. Ribuan, ratusan bahkan jutaan umat muslim mampu membentuk saf dengan teratur ketika imam mengatakan “luruskan dan rapatkan saf”hanya dengan satu kalimat semua orang yang sholat tersruktur cara berdirinya..Setiap sholat atmospirnya sangat kondusif.Jarang ditemukan pada keadaan yang non kondusif.Do’a kepada Allah di dalam sholat juga butuh atmosfir.Atmosfirnya dengan cara merendahkan diri, memuji kebesarannya, menyebut nama-Nya berulang- ulang kali.Misalnya, Jika seandainya kita meminta sesuatu kepada seseorang dengan cara kasar, tidak sopan, tentu orang enggan untuk memberi.Sebab, kita meminta dengan atmospir yang kurang menenangkan.Begitupula dengan Allah.Kalau do’a kita belum dikabulkan berarti atmospirnya perlu dibenahi dan diluruskan dalam berdo’a.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  8. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Menurut bidang fisika atmospir adalah selimut gas yang menyelubungi sebuah planet, khususnya planet bumi. Atmospir mengelilingi sebuah planet dengan lapisan yang sangat tebal bahkan jaraknya sampai ribuan kilometer dari planet tersebut ke luar angkasa. Jika dikaitkan dalam kehidupan manusia atmospir tersebut merupakan suasana atau keadaan hati maupun keadaan di dalam suatu forum. Jalannya atmospir itu bergantung kepada prilaku, sikaf, dan bahasa orang-orang yang berada pada sekeliling forum tersebut, forum di sini diartikan dalam masyarakat. Maka dari itu tentu artikel yang membahas tentang tolerasi sangat diperlukan untuk membuat suatu atmospir menjadi nyaman.

    ReplyDelete
  9. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    berdasarkan tulisan di atas benyak manfaat ilmu yg bisa di dapat. Atmosfir merupakan keadaan yang membuat seseorang tertarik atau terpusat pada atmosfir yg sudah ada.
    atmosfir dapat membawa manusia larut di dalamnya maka manusia harus pandai-pandai memilih atmosfir yg baik karena jika tidak hati-hati akan terbawa atmosfir yang jelek.
    banyak atmosfir yang ada di kehidupan ini dan sejatinya hidup itulah atmosfir. hidup dengan tujuan mencari kebahagiaan berarti kita harus menciotakan atmosfir yg positif dan membagikannya kepada semua orang terima kasih.

    ReplyDelete
  10. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Tulisan diatas mengingatkan saya bahwa hidup yang sehat bergerak sesuai atmosfirnya. Kadang kita sering apatis terhadap keadaan sekitar yang mana juga ikut berpengaruh terhadap kehidupan. Apalagi zaman sekarang perlu sekali mengenal atmosfir seperti mencari lingkungan yang sehat. Karna jika kita berada pada atmosfir yang tidak sehat maka sakit pula jiwa kita, begitu pula sebaliknya jika atmosfir sehat, maka sehat pula jiwa kita. Terima kasih atas tulisan ini sebagai pengingat bagi semuanya.

    ReplyDelete
  11. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Ruang dan waktu. Semua harus tepat. Atmospher harus sesuai dengan ruang dengan waktu. Hal ini mengajarkan kita untuk senantiasa menjadi orang yang dapat menjadi yang sesuai dan menyesuaikan. Berarti, kita juga bisa membangun mindset yang bagus-bagus dalam membangun atmospher sendiri bukan? Maka, saya ingin bermanfaat, mari ciptakan atmospher yang membawa kita pada kebermanfaatan.

    ReplyDelete
  12. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    S2 PEP Kelas B 2017

    atmospir adalah cara kita mendeskripsikan suatu ruang, komunitas, populasi dan lain sebagainya. Contohnya seperti dalam buku, kita dapat mengetahui gaya menulis seseorang, pokok-pokok bahasan, hingga pesan penulis melalui pendahuluan atau kata pengantar. Berangkat dari sanalah kemudian kita dapat mengetahui isi buku sebelum membaca isi buku secara utuh. Mulai dari keadaan tersebut kita telah mendapatkan hipotesa atmospir dari isi buku. Mengetahui atmospir sangat penting sebelum kita menjadi bagian dari atmospir itu sendiri.

    ReplyDelete
  13. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B

    Atmospir disini dapat diartikan sebagai suasana hati, keadaan jiwa, dan ketenangan jiwa. Dengan mempunyai atsmosfir yang baik, maka setiap tindakan yang dilakukan dan perkataan yang keluar dari diri sesuai pada lingkungannya dan keadaan yang terjadi. Hidup akan mudah jika kita pandai dalam mengatur atmospir diri terhadap lingkungan sekitar, apa yang terjadi dan yang mungkin terjadi kita bisa menghandle nya dengan atmospir yang baik. Dengan setiap insan menciptakan atmospir yang baik, maka atmospir lingkungan juga akan menjadi baik dan tentram.

    ReplyDelete
  14. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Dari tulisan Bapak, saya dapat menyimpulkan bahwa kita harus berkata dan bertindak sesuai dengan tempat dan atmosfirnya. Cara bicara kita dengan teman sebaya tentu tidak dapat digunakan pada saat kita berada di atmosfir sedang bersama orang tua, guru atau orang yang lebih tua dari kita. Contoh lain adalah kita harus melihat dan menilai atmosfir kawan kita sebelum bercanda dengannya.

    ReplyDelete
  15. Riandika Ratnasari
    17709251043
    Pascasarjana Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Ketika membaca judul yang bapak tulis tentang "atmospir" yang terbayang dalam benak saya adalah lapisan-lapisan yang menyelimuti bumi. Atmospir memiliki tingkatan-tingkatan. Namun, setelah membaca tulisan Bapak, saya mengerti bahwa atmospir itu ada disekitar kita. Secara umum atmospir berarti jalan yang kita lalui untuk mencapai puncak suatu tujuan. Melihat dari sudut pandangan pendidikan, banyak siswa yang mengatakan bahwa matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit. Oleh karena itu, kita sebagai calon guru harus memilih atmospir yang tepat untuk mengajar dengan memilih metode belajar yang tepat. Pada intinya ketika kita menjalani kehidupan ini, kita harus pintar dalam memilih atmospir hidup kita sendiri sebab atmospir itu sendiri yang akan membawa kita pada puncak tujuan hidup kita.
    Terimakasih Bapak Marsigit.

    ReplyDelete
  16. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Saya kutip kembali pengertian atmospir berdasar uraian Bapak di atas: Atmorpir adalah keadaan kejiwaan atau psikologis, yang ditopang dengan kondisi fisik yang menunjang, sehingga atmospir itu menghasilkan ikon atau kata, frasa atau kalimat kunci, misalnya: musim lebaran, minggu tenang, dan lain-lain. Dari pengertian tersebut, atmospir mengacu pada keadaan atau suasana dengan kondisi yang menunjang atau mendukung. Kita mungkin akan mudah belajar dalam tempat yang suasananya yang tenang, seperti di perpustakaan. Atmospir di dalamnya adalah atmospir belajar, membaca, mengerjakan tugas, dan menyelesaikan skripsi/tesis. Kita tidak mungkin belajar di pasar, di stasiun, di tempat hiburan, dengan suasana keramaian yang tidak mendukung. Kita harus cerdas dalam memilih atmospir yang tepat. Untuk itu kita perlu mengenal bermacam-macam atmospir dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  17. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B (S2)

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Didalam kehidupan, kita harus memahami atmospir-atmospir yang ada, sehingga kita dapat mengerjakan sesuatu dengn mudah,lancar dan efektif. Dengan bermacam macam atmospir yang ada di dalam kehidupan, kita harus menjadi insan yang paham apa dan bagaimana atmospir itu, sehingga kita tidak salah langkah ketika akan bertindak.

    ReplyDelete
  18. Devi Nofriyanti
    17709251041
    Pps UNY P.Mat B 2017

    Setelah saya buka KBBI, saya tidak menemukan kata "atmospir" seperti yang Bapak tuliskan. namun dari awal saya menangkap bahwa kata atmospir ini sama dengan "atmosfer". kata ini tidak asing lagi di benak saya. atmosfer dalam ilmu geografi adalah lapisan yang terdiri dari campuran berbagai gas, yang menyelubungi bumi sampai ketinggian 300 km. seperti yang Bapak tuliskan bahwa atmospir bisa diartikan sebagai sesuatu yang menggambarkan keadaan atau musim, misalnya musim lebaran. tentu saja ketika seseorang mampu mengenali atmosfir lingkungannya maka akan membantu orang tersebut dalam berbagai urusan, misalnya seorang pengusaha mampu mengenali kebutuhan konsumen. Demikianlah yang dapat saya tangkap dari tulisan Bapak, mohon maaf jika ada salah persepsi :D

    ReplyDelete
  19. Dalam setiap keadaan dalam kehidupan kita banyak terjadi berbagai macam jenis kejiwaan atau psikologis yang terjadi pada manusia. Hal ini dikarenakan karena manusia itu makhluk yang unik. Dalam setiap keadaan manusia akan menunjukkan atmospir hatinya.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  20. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dari tulisan ini saya dapat memberikan pandangan bahwa atmospir adalah "keadaan yang tepat/waktu yang tepat". Ketepatan menunjukkan bahwa suatu aksi berada dalam atmospir yang baik. Ketidaktepatan menunjukkan bahwa suatu aksi diambil dalam keadaan yang terburu-buru dengan mengabaikan kesiapan dan kesabaran. Menurut saya, atmospir sangat erat kaitannya dengan keadilan. Kenapa demikian? Bukankan dalam Islam makna adil adalah "menaruh sesuatu pada tempatnya?".

    ReplyDelete
  21. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Dari percakapan di atas saya memahami bahwa atmospir itu berkaitan dengan situasi dan kondisi yang terikat dalam ruang dan waktu. Atmospir bersifat hidup, mengalir sesuai dengan kondisi dan berdasarkan kenyataan yang ada. Dengan mengenali dan memahami atmospir lingkungan sekitar, seseorang akan lebih mudah dalam menjalani hidupnya. Hal ini dikarenakan, dalam mengambil suatu tindakan atau keputusan seseorang terlebih dahulu mengenali atmospir disekitarnya, apakah sesuai dengan tindakan atau keputusan yang akan ia lakukan. Dengan mengenali atmospir sekitarnya, ia akan lebih mudah untuk melakukan dan mewujudkan tujuan dari tindakan atau keputusannya tersebut. Oleh sebab itu, seseorang baru dapat dikatakan cerdas jika ia mampu mengenali atmospir-atmospir. Karena sesungguhnya sebenar-benar hidup itu adalah atmospir itu sendiri.

    ReplyDelete
  22. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    Atmospir bersifat kontekstual, relatif, tergantung dimensi ruang dan waktunya. Memahami atmospir sekitar kita dipelukan agar kita dapat bertindak sesuai situasi yang ada sehingga sesusai dengan kebutuhan dari masing-masing masalah itu sendiri. Cerdas dalam memahami atmospir, dan cerdas dalam mengambil keputusan diharapkan mampu menjalani hidup secara cerdas.

    ReplyDelete
  23. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    "Engkau dikatakan cerdas jika engkau dapat mengenali atmosfir" atau jika saya istilah dalam bahasa sehari-hari, seseorang dikatakan waktu jika orang itu mampu membaca situasi atau menempatkan diri sesuai dengan ruang dan waktu. Maka dikatakan harapanmu akan tercapai jika mampu membaca atmosfir, karena sesorang yang mampu membaca atmosfir tahu bagaimana harus bertindak dan bersikap pada atmosfir tersebut, maka dia akan mampu sejalan dengan keadaan tanpa melupakan tujuan. Seperti istilah ngeli tapi ora keli.

    ReplyDelete
  24. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Atmospir merupakan suatu suasana yang tercipta dari lingkungan. Dan jika kita mengetahui astmospir "apa saat itu", maka kegiatan atau hal yang akan kita lakukan akan sesuai dengan proporsinya. Bahkan dalam ibadahpun, kita mencari atmospir yang baik, agar ibadah yang kita lakukan dapat dilakukan dengan nyaman dan tenang.

    Demikian, terimakasih.






    ReplyDelete
  25. Vidiya Rachmawati
    17709251019

    Atmospir dapat diartikan sebagai kondisi. Kondisi jiwa, kondisi cuaca, kondisi ekonomi, dst. Artinya bahwa atmospir itu melekat pada sebuah objek. Pada artikel di atas disebutkan bahwa atmospir sifatnya kontekstual. Implikasinya dalam kehidupan yaitu orang yang bertindak dan menempatkan diri sesuai konteks, sesuai kondisi. Maksudnya dia bertutur kata, berperilaku, berbuat apapun disesuaikan dengan ruang dan waktu. Ketika dalam rapat direksi tutur kata yang sopan dan bijak serta menunjukkan wibawa. Namun ketika makan di angkringan sebaiknya ngobrolnya juga lebih santai, diselingi candaan.

    ReplyDelete
  26. Nurika Miftahuljannah
    17709251060
    PPs Pendidikan Matematika
    Assalamu'alaikum wr. Wb.
    Atmospir merupakan keadaan yang terjadi pada waktu yang tepat. Dengan demikian kita harus pintar membaca atmosfer atau memahami situasi dan kondisi agar tidak salah dalam bertindak. Jika kita melakukan sesuatu sesuai dengan atmosfer yang sedang terjadi maka apa yang lakukan akan lebih mudah. Karena itu seseorang harus memiliki kemampuan untuk membaca atmosfer agar tidak mengalami banyak kesulitan.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  27. Jika kita berada dalam lingkungan aktivitas dengan atmospir yang sesuai. Akan berdampak pada kesehatan jiwa kita. Benar seperti yang bapak katakana, akan lebih mudah, lancer, dsb.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  28. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Benar bahwa segala sesuatu memiliki atmospir sendiri-sendiri, namun konsep atmospir ini merupakan sesuatu yang baru jika diulas secara filsafati, terima kasih Prof. Allah telah menjelaskan atmospir yang tepat untuk berdoa, salah satu caranya denganmenggunakan asmaul husna, berdoa memang bisa dilakukan kapan saja, namun saat kita berdoa di saat-saat atau tempat yang mustajab yang kemudian setelah membaca postingan ini disebut atmospir maka doa-doa tersebut dapat "dengan mudah dijawab oleh Allah". Setiap doa pasti memiliki jawaban. Hanya saja jawaban seperti apa yang diberikan oleh Allah, kapan allah menjawab doa tersebut masih dirahasiakan, menyiasatinya dapat dengan cara berdoa pada atmospirnya. Begitu pula semua kegiatan yang kita lakukan hendaknya memilih atmospir yang tepat. Suatu kegiatan bisa saja menjadi kurang bermakna jika dilakukan dalam atmospir yang salah. Oleh karena itu, perlu diperhatikan dan diamati atmospir yang ada di sekeliling kita, atmospir apakah itu, atmospir yang cocok untuk melakukan apakah itu. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  29. Analog dengan kegiatan pembelajaran, kita sebagai seorang guru harus dapat menciptakan atmospir yang mendukung siswa untuk belajar. Sebagai seorang guru, kita tidak dibenarkan membawa kondisi atau suasana hati ke dalam proses atau suasana akademik di sekolah. Kehidupan pribadi dan kehidupan profesional sebagai seorang guru merupakan dua sesuatu yang berbeda. Membuat atmospir pembelajaran yang baik demi nyamannya proses pembelajaran sehingga transfer materi bisa lebih bermakna. Karakter siswa yang beragam merupakan momok tersenduru dan suatu tantangan besar bagi seorang guru untuk bisa membaawa pembelajaran menjadi lebih baik. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran dan skill mengelola kelas yang baik, dan itu semua tidak bisa didapatkan secara instan namun melalui rangkaian proses yang panjang. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  30. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Pemahaman tentang atmosfir seperti yang Prof Marsigit sangat penting bagi siapapun. Saya jadi teringat perkataan salah seorang mantan wakil ketua DPR RI, dia bilang bahwa kita tidak bisa menyuruh satu per satu orang agar menggunakan mantel, tapi kita bisa menciptakan musim hujan. dengan kita membuat musim hujan, maka dengan sendirinya semua orang itu akan menggunakan mantel tanpa disuruh. begitulah kira-kira cara atmosfir bekerja

    ReplyDelete
  31. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Atmospir keadaan atau suasana yang dapat dirasakan maupun dilihat. Berbagai macam atmospir pasti pernah dirasakan oleh manusia. Manusia hanya bisa bersyukur dengan apa yang sudah dikehendaki oleh Allah SWT. Merasakan dan menjalani sesuai atmospir yang dengan rasa syukur dan ikhlas. Entah itu atmospir yang baik maupun buruk pasti semua ada hikmahnya yang sudah disiapkan oleh Allah.

    ReplyDelete
  32. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    "Atmorpir itu keadaan kejiwaan atau psikologis, yang ditopang dengan kondisi fisik yang menunjang". Teman-teman yang membaca blog pak Marsigit ini pastinya pernah melewati masa-masa ujian. Sering kali masa ujian itu, kita rasakan dampak dan suasananya mungkin masa ujian itu bisa disebut dengan atmospir ujian. Karena sesuai dengan kalimat yang saya kutip di atas, bahwa atmospir itu keadaan kejiwaan yang ditopang dengan kondisi fisik yang menunjang. Begitulah ketika masa ujian, jiwa kita selalu terfokus dengan materi-materi ujian sehingga tanpa disadari tubuh kita merespon dengan belajar, membaca, dan melakukan hal-hal yang menunjang untuk mempersiapkan ujian tersebut. Jika kita renungkan kembali mungkin masih banyak atmospir-atmospir yang lain yang telah kita rasakan dan alami.

    ReplyDelete
  33. Suatu keadaan akan berjalan sesuai dengan semestinya jikalau manusia tersebut dapat memiliih atau menempatkan atmoepirnya yang tepat.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  34. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Setelah membaca artikel diatas yang berjudul "atmosfir", secara garis besar dapat saya simpulkan bahwa atmosfir disini berarti suatu keadaan yang medukung sebuah tindakan. Keadaan dapat diartikan sebagai kondisi hati, lingkungan sekitar, dan masyarakat secara luas. Dalam artikel tersebut disebutkan sebuah contoh akan mudah mencari durian jika mencarinya saat musim durian. Jadi dalam setiap tindakan yang akan kita lakukan sebaiknya kita mempertimbangkan atmosfirnya agar kita lebih mudah dalam menyelesaikan tindakan tersebut

    ReplyDelete
  35. Gamarina Isti Ratnasari
    Pendidikan Matematika Kelas B (Pasca)
    17709251036
    Atmosfir dapat diartikan sebagai keadaan, suasana, suasana hati, suasana kebatinan, keadaan lingkungan hidup. Dalam kehidupan masyarakat lebih mudah, lebih lancar, lebih efektif dan lebih efisien jika beraktivitas dalam atmospirnya. Sebaliknya akan lebih sulit atau kurang kondusif jika diluar atmospirnya. Refleksi dari elegi ini adalah kehidupan akan mudah apabila saling mengenali atmosfirnya dan semua persoalan dapat dicari dari atmosfir yang tepat. Oleh karena itu sebagai makhluk sosial diharapkan manusia dapat beradaptasi dengan lingkungannya, saling mengenal, membantu, dan bertenggang rasa agar manusia tersebut dapat menjalankan kehidupan sesuai dengan atmosfir yang diharapkannya,.

    ReplyDelete
  36. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah,
    Terimakasih prof. Marsigit atas postingan di atas. Secara ilmiah mungkin yang kita hanya tahu bahwa atmosfir adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi sampai ketinggian 300 km. Namun, dalam filsafat kata atmospir dapat diartikan menjadi banyak hal sesuai pada ruang dan waktu yang tepat. Mungkin segala yang kita rasakan dan kita jalani memiliki atmospir sendiri-sendiri, tergantung atmospir mana yang kita pilih dan yang membuat kita nyaman. Sebagai mahasiswa yang sudah menginjak usia dewasa, hendaklah pandai-pandai kita memilih atmospir komunitas yang tepat untuk hidup kita. Atmospir yang mengajak kita kepada kebaikan, semangat berjuang, tidak melalaikan dan membuang waktu dengan hal yang sia sia, dan yang dapat membuat kita terus menjadi manusia yang berguna untuk siapapun, kapanpun dan dimanapun. Atmospir keluarga, teman sebaya, kelas, sosial, intuisi, pribaDi, formal, dan lain lain telah banyak kita rasakan dan terlibat di dalamnya. Sehingga kembali lagi bahwa dialektik kita menunjukkan ketepatan atmospir yang mana kah yang sesuai dan nyaman dengan kita namun tetap pada koridor yang baik dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  37. Yolpin Durahim
    17709251029
    Pps. P. Mat B 2017

    Bicara tentang atmosfir, sedikit mengulas tentang tujuan hidup saya bahwa secara lebih luas memiliki keinginan untuk selalu bergelut dalam aktivitas kebaikan dan keilmuan. Khususnya dalam hal ibadah dan belajar. Maka saya berusaha untuk dekat dengan teman-teman yang memiliki gairah ibadah dan keilmuan yang tinggi. Agar tercapai hal tersebut maka perlu adanya atmosfir kelompok. Misalnya saya ingin menulis, lalu bergabung dalam komunitas para penulis. Ingin menjadi pendidik, maka melanjutkan kuliah dan bekerja di bidang pendidikan adalah syarat mutlak. Ingin lebih paham agama, maka atmosfir pembentuknya adalah kajian-kajian keagamaan di mesjid-mesjid. Atmosfir ini adalah keadaan yang menjadi syarat terwujudnya cita-cita seseorang..

    ReplyDelete
  38. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Yang saya pelajari dari pelajaran IPA, atmosfir adalah lapisan udara/ gas yang menyelimuti suatu planet. Makhluk hidup A akan dapat hidup dengan baik jika atmosfirnya sesuai, dalam hal ini sesuai dengan atmosfir planet A. Begitupun dengan makhluk hidup B akan dapat hidup dengan baik pada lingkungan planet B. Secara umum, kata atmosfir ini diserap dalam Bahasa Indonesia dan memiliki arti yang berhubungan dengan suasana, keadaan sesuatu hal. Yang dapat saya tangkap dari postingan bapak diatas adalah mengenai kata atmosfir yang merupakan segala keadaan yang ada dalam hidup kita. Jika bisa dianalogikan dengan definisi atmosfir pada pelajaran IPA, planet yang diselubungi atmosfir adalah sesuatu hal, apakah itu ibadah haji, panen durian, maupun awal tahun pelajaran; dan lapisan gas yang menyelubungi planet tersebut itulah suasana yang memungkinkan kita untuk melakukan hal tersebut dengan baik.

    Oleh karena itu, sebagai manusia yang bijak, hendaknya kita melakukan sesuatu sesuai dengan "atmosfir" nya, sehingga tujuan kita bisa terlaksana dengan baik, dan sistem akan berjalan dengan lancar dan optimal.

    ReplyDelete
  39. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Atmosfir juga merupakan kata yang sering kita ucapkan di dalam percakapan sehari-hari. Bahkan atmosfer juga terjadi di dalam diri kita, yaitu mood kita di berbagai waktu. Jika cuaca di luar sangat bagus namun di rumah sedang berduka, akan tidak mungkin bagi kita untuk bermain-main dengan riang di luar. Atmosfer adalah gabungan dari beberapa suasana yang disesuaikan, sehingga semua hal berkesinambungan dan tidak bertentangan. Atmosfer sedang baik, atmosfer sedang tidak baik. Intinya, atmosfer berhubungan dengan sesuatu yang terjadi sesuai waktu dan pada tempatnya.

    ReplyDelete
  40. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari bacaan di atas saya mendapat beberapa pemahaman yang berkaitan dengan atmosfir. Dimana secara bahasa akan memiliki makna suatu suasana atau kondisi sesuatu. atmosfir juga berkaitan dengan keadaan kejiwaan atau psikologis. Dan atmosfir ini berguna menunjang keberlangsungan kehidupan kita. Misalkan kita sebagai seorang siswa yang berada di lingkungan pendidikan, maka atmosfir pendidikan itu akan membantu memudahkan tercapainya tujuan dan cita-cita. Misalkan kita seorang hamba, maka atmosfir ketaatanlah yang akan membantu kita dalam mengemban amanah kita di dunia ini. Sehingga dari tulisan ini disadarkan bagaimana pentingnya suatu suasana lingkungan itu mendukung dalam hal kebaikan. Semoga kita senantiasa berada dalam atmosfir kebaikan dan keberkahan dariNya. Aamiin.

    ReplyDelete
  41. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Segala yang ada dan yang mungkin ada selalu terikat oleh ruang dan waktu. Tidak terkecuali atmospir. Ya, atmospir bisa dikatan suatu suasana hati kita. Maka yang dapat menghidupkan suasannya yah diri kita sendiri. Jadi, sebenar-benar atmospir ku, yah aku sendiri yang membangun.
    Ketika Limbuk menanyakan “kenapa harus mengeti atmospir?”, kenapa? Karena atmospir tidak hanya tentang kita, tetapi juga tentang banyak orang, tentang lingkungan, tentang alam, tentang dunia, juga tentang spiritual. Dengan bisa memahami atmospir satu dengan yang lainnya, maka kita dapat dikatakan telah membangun hidup kita sendiri.

    ReplyDelete
  42. Ternyata pada atmospir pun memiliki sifatnya yaitu kontekstual, jelas akan ruang dan waktu, mengalir dalam sejarah, yang menurut pemahaman saya berarti setiap atmosfir saling berkaitan antar lainnya tak terpisahkan, lalu hidup, yang mana pemahaman saya bahwa berarti setiap atmospir itu ada yang menghidupkannya atau membangunnya.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  43. Terimakasih bapak, tulisannya menginspirasi, ternyata kesimpulannya bahwasanya sebenar-benar hidup adalah atmospir itu sendiri yang hidup.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  44. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Didalam pergaulan juga ada berbagai macam atmosfir, biasanya akan nyaman kalau atmosfirnya mendukung. Sering kita jumpai banyaknya komunitas anak muda. Ada komunitas motor, komunitas sepeda, komunitas film, komunitas belajar, dll. Mereka akan nyaman masuk komunitas yang memang benar-benar cocok dengan minat mereka.

    ReplyDelete
  45. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Atmospir secara denotatif maupun konotatif keduanya sama-sama mengandung maksud kondisi namun penggunaannya saja dalam konteks yang berbeda. Atmospir bersifat kontekstual yaitu terikat oleh ruang dan waktu. Dari percakapan di atas, dapat disimpulkan bahwa seseorang perlu memahami dan mengerti berbagai macam atmospir (sesuai dengan ruang dan waktunya) agar hidup menjadi lebih mudah dan dipermudah.

    ReplyDelete
  46. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Atmosfer berkonotasi dengan suasana atau keadaan, misalnya suasana hati, suasana pikir, suasana lingkungan, dan sebagainya. Atmosfer berkaitan erat dengan apa yang kita katakan dan apa yang kita lakukan. Pada atmosfer yang baik, yang cocok, misalnya ketika dalam suasana hati yang senang, kondisi pikiran yang tenang, kita akan mampu melakukan sesuatu secara efektif dan optimal. Hal ini tentu bisa kita kaitkan dengan proses pembelajaran di sekolah. Untuk dapat membantu siswa meraih prestasi belajar optimalnya, sebagai fasilitator guru harus dapat membangun atmosfer pembelajaran yang baik, yang sesuai dengan level dan minat siswa. Dengan demikian siswa akan merasa nyaman di dalam lingkungan belajar. Hal ini secara psikologis akan membantu meningkatkan motivasi, semangat dan gairah belajarnya.

    ReplyDelete
  47. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Kembali lagi masalah ruang dan waktu. Atmosfir yang tepat dengan ruang dan waktu dapat mempermudah hidup. Mengenali atmosfir yang sesuai ruang dan waktu adalah proses yang harus dilalui oleh masing-masing kita. Saat menemukan atmosfir yang tepat maka hidup akan lebih produktif dan terasa lebih mulus.

    ReplyDelete
  48. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof, pada saat membaca kata atmosfir, saya teringat kata-kata prof tentang ruang dan waktu. Dalam mengerjakan segala hal kita harus memahami atmosfirnya apakah sudah sesuai dengan ruang dan waktu. Segala pekerjaan akan menjadi lebih mudah untuk dikerjakan apalagi sudah sesuai dengan atmosfirnya. Memahami atmosfir dapat membantu kita untuk memustuskan apa saja hal yang tepat untuk dilakukan.

    ReplyDelete
  49. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Mengenali atmospir yang terjadi di sekitar kita memang sangat dibutuhkan. Sebab jika kita tidak dapat menyesuaikan diri dengan atmospir-atmospir itu, maka akan menyulitkan diri sendiri.
    Saya ingat cerita tante saya, yang ketika hamil lalu ‘ngidam’ makan durian padahal tidak sedang musim durian. Ada mitos yang menyatakan bahwa wanita hamil itu kalau ‘ngidam’ harus dituruti. Om saya tentu saja kesulitan mencari karena memang belu musimnya. Akhirnya om saya, karena sudah frustasi tidak mendapat apa yang dicarinya, menggambar durian dan meminta tante saya membayangkan itu sungguh sungguh durian.
    Atmospir membuat kita dapat mudah beradaptasi, menyesuaikan diri. Namun jika kita terjebak pada mitos, kita akan punya halangan besar untuk dapat menyesuaikan diri, hidup bersama orang lain, dan kita akan mungkin gagal mendapat apa yang kita cari.

    ReplyDelete
  50. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Atmospir, dari dialog ini saya belajar bahwa segala sesuatu yang kita lakukan akan lebih mudah dan optimal jika sesuai dengan situasi dan kondisi atau sesuai dengan atmosfirnya. Nah, atmosfir itu dapat kita ciptakan agar sesuai dengan keperluan kita. Misalnya kita ingin berkonsentrasi dalam belajar, maka sebisa mungkin kita menciptakan atmosfir yang membuat kita dapat fokus dalam belajar. Dengan atmosfir yang telah kita cipatakan, maka kita dapat fokus dalam belajar. Terimakasih

    ReplyDelete
  51. indah purnama sari
    17701251035
    PEP B 2017

    terimakasih pak atas ilmu yang bapak berikan dari postingan bapak diatas.
    dipostingan ini saya dapat mengambil kesimpulan atmosfirnya manusia adalah bagaiman ia dapat beradaptasi dengan situasi dan kondisi. dan bisa saya gabungkan dari bacaan-bacaan sebelumnya hakikat manusia ialah tergantung ruang dan waktunya sendiri.

    ReplyDelete
  52. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    atmospir yang saya pahami adalah menempatkan sesuatu sesai dengan ruang dan waktunya. jika hidup dijalnkan sesuai dengan masanya atau sesuai dengan keadaan yang tepat makan akan menjadi lebih terencana dan lebih efisien, beda ketika suau kepentingan dilakukan tidak pada waktunya maka hasilnya pun juga tidak akan memuaskan. sehingga penempatan keadaan dan adaptasi yang bisa melihat kondisi disekitar untuk memutuskan sikap seperti apa yang akan dilakukan menjadi benar dan tepat.

    ReplyDelete
  53. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Atmospir membantu manusia dalam melaksanakan berbagai kegiatannya. Karena dengan suasana atau kondisi yang sesuai kita tentu akan lebih mudah dalam melaksanakan kegiatan. Maka sebagai seorang manusia yang memiliki akal pikiran, kita sendiri yang harus memilih atmospir kita. Jangan sampai kita hanya menggerutu dan menyalahkan atmospir karena tidak sesuai dengan yang kita harapkan. KIta harus bisabersikap fleksibel. Maka sebenar-benar atmospir adakalanya kita bisa memilih, adakalanya kita harus menerima. Kalau kita ingin makan buah durian, maka kita harus bisa menunggu atmosfir yang tepat yaitu saat musim durian. Tetapi kalau kita ingin belajar dan atmospir disitu tidak mendukung maka kita dapat memilih untuk tetap disana dan melakukan aktfitas lain atau mencari tempat lain yang atmosfirnya mendukung keinginan kita untuk belajar.

    ReplyDelete
  54. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah

    Atmosfir sangat dibutuhkan oleh manusia. Dalam bentuk denotasi ataupun dalam bentuk konotasi. Denotasi disini berarti atmosfer ini dapat berupa lapisan udara yang ada dibumi ini sehingga manusia dapat terlindung dari berbagai macam benda luar angkasa. Sedangkan untuk makna konotasinya adalah dapat berupa keadaan. Manusia diharapkan dapat membaca keaddan yang terjadi dilingkungaanya. Tidak hanya membaca buku text saja namun juga membaca keadaan sekotarnya. Apakah keadaannya aman? Ataukah keadaannya memungkinnya untuk dikenai suatu perlakukan, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  55. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    S2 Pmat C 2017

    yang saya tangkap dari percakapan tersebut adalah, atmosfir merupakan suatu kondisi keadaan kejiwaan yang menggambarkan suatu keadaan menuju situasi, atmosfir bersifat konstektual, terikat oleh ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  56. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Atmosfir yang makna denotasinya merupakan cuaca dan makna konotasinya merupakan suasana dan keadaan merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam menjalani kehidupan. Suatu aktifitas atau kegiatan akan berjalan lancar jika atmosfirnya sesuai atau cocok dengan aktifitas atau kegiatan yang sedang dilakukan. Misalnya, proses belajar matematika atau pelajaran eksak di kelas akan berjalan dengan baik jika dilakukan dalam suasana yang kondusif seperti waktu belajar di pagi hari dan tidak ada kegaduhan yang berarti di sekitar kelas sehingga atmosfir (suasana) belajar dan mengajar akan mendukung siswa dalam memahami materi pelajaran. Oleh karena itu, untuk mesukseskan suatu kegiatan maka kita juga harus mengkondusifkan atmosfirnya (suasananya).

    ReplyDelete
  57. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Atmosfir itu bergantung dengan ruang dan waktu. Atmosfir itu bisa mempermudah sesorang dalam menemukan sesuatu ataupun bergaul bila kita dapat menempatkan diri sesuai dengan atmosfir tersebut. Namun bisa juga sebaliknya, bila seseorang tidak dapat menempatkan diri atau berlawanan denga atmosfir yang ada disekitarnya. Untuk itu atmosfir lebih lanjut harus kita pelajari, sehingga kita dapat bersikap yang sesuai dan seharusnya sesuai dengan atmosfir. Kecerdasan kita akan atmosfir akan sangat berguna dalam menjalani hidup ini.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  58. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.

    Atmosfir ternyata memiliki banyak makna. Awalnya atmosfir yang saya kenali hanyalah atmosfir bumi (lapisan pelindung bumi), ternyata dalam kehidupan sehari-hari ada juga istilah atmosfir. Sama seperti atmosfir bumi yang sangat penting untuk menunjang kelangsungan hidup semua makhluk hidup di bumi, atmosfir dalam kehidupan juga sangat bermanfaat bagi kita, karena atmosfir itu adalah musim/kondisi/situasi/keadaan. Sehingga suatu yang kita inginkan/harapkan tidak akan mudah, mulus atau lancar terjadi jika tidak sesuai dengan atmosfirnya. Semua urusan akan lancar jika pada atmosfirnya. Oleh karena itu jika ingin melakukan sesuatu maka kita perlu mengetahui atmosfir yang tepatnya yaitu mengetahui kapan serta bagaimana musim/kondisi yang tepat agar kita dapat melakukan kegiatan tersebut. Sekian dan terima kasih.

    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  59. Berarti atmosfir pembelajaran filsafat ilmu dengan bapak?
    Maksudnya pembelajaran didalam kelas, mendengarkan, jawab singkat dll
    Tapi bapak telah mengajarkan filsafat ilmu untuk kehidupan dan tidak hanya dipakai diperkulihaan, karena yang saya baca dan saya dengar ketika bapak memberi materi
    Banyak sekali ilmu yang yang akan dibutuhkan sesuai dengan ruang dan waktunya pak
    Apakah pembelajaran termaksud atmosfir? Karena berdampak yang berkelanjutan?
    Terimakasih pak


    Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    ReplyDelete
  60. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Atmospir menurut saya adalah ruang lingkup, saat kita sedang menjalankan kegiatan tertentu sebiaknya kita mengerti ruang lingkup seperti apa yang digunakan, ruang dan waktu yan bagaiana yang tepat agar kita masuk ke dalam atmospir nya. Agar kita bisa memahami segala sesuatu dengan baik sesuai dengan wadah dan isinya enyesuaikan atmospirnya.

    ReplyDelete
  61. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Sering kita mendengar, ‘atmosfirnya kurang mendukung’. Ini bukan semata membicarakan cuaca yang tak bersahabat melain juga meliputi suasana lingkungan saat itu, suasana hati dan pikiran atau secara luas terkait ruang dan waktu yang tepat. Semangat dalam beraktivitas akan menggebu dalam atmosfir yang sesuai serta hasil yang diperolehpun juga akan lebih memuaskan jika bergerak dengan menyesuaikan atmosfir. Maka sebenar-benar orang yang cerdas adalah mereka yang mampu bersahabat dengan atmosfir yang tepat.

    ReplyDelete
  62. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Istilah atmosfir seringkali digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan didalam forum diskusi tertentu, misalnya “Atmosfir jalannya rapat sangat panas”. Namun kalau dalam istilah ilmu science salah satu cabang ilmu pendidikan yang membahas atmosfir ialah Meteorologi. Meteorologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari atmosfer atau lapisan udara yang menyelimuti planet (termasuk bumi).

    ReplyDelete
  63. Insan A N/PPs Pm C 2017
    Jika diterapkan dalam pembelajaran di kelas, maka memahami atmospir ini sangat penting sekali, bagaimana atmospir saat kita masuk kelas, apakah siswa sedang asik dan enjoy, apakah siswa banyak yang tertidur, apakah siswa sedang malas-malasan. Hal ini menentukan langkah selanjutnya bagi kita, guru, untuk membentuk atmospir yang nyaman.

    ReplyDelete
  64. Insan A N/PPs Pm C 2017
    Jika diterapkan dalam pembelajaran di kelas, maka memahami atmospir ini sangat penting sekali, bagaimana atmospir saat kita masuk kelas, apakah siswa sedang asik dan enjoy, apakah siswa banyak yang tertidur, apakah siswa sedang malas-malasan. Hal ini menentukan langkah selanjutnya bagi kita, guru, untuk membentuk atmospir yang nyaman.

    ReplyDelete
  65. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Atmosfir merupakan suatu keadaan yang menggambarkan tentang situasi yang terjadi di dalam suatu kelas ataupun rungan rapat untuk musyawarah. Selain itu, konsep asmosfir juga dapat digunakan untuk menjelaskan keadaan yang sedang di alami oleh seseorang, apakah dia sedang merasa bahagia, sedih, atapun lagi merasa tegang dalam mengahadapi dan memecahkan suatu permasalahan. Umumnya jika dalam proses pembelajaran atmosfir akan sangat jelas terasa pada saat siswa akan menyelesaikan soal-soal ujian khususnya ujian dalam pelajaran matematika. Disinilah peranan guru sebaiknya berada yaitu tetap membuat atmosfir kelas tetap terjaga dengan baik sehingga apa yang telah direncanakan dapat tercapai dengan optimal.

    ReplyDelete
  66. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  67. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Atmospir dalam filsafat ialah keadaan atau tren yang sedang terjadi di lingkungan kita. Contohnya atmospir musim durian, berarti sedang banyak pohon durian yang panen buahnya. Atmospir lebaran, maka banyak orang yang menyiapkan segala keperluan lebaran. Atmospir nikahan, maka sedang ramai-ramainya orang mengadakan pernikahan. Mengetahui atmospir yang ada di sekitar kita itu penting agar segala aktifitas yang kita lakukan disesuaikan dengan atmospirnya, sehingga akan lebuh mudah dikerjakan/ dipenuhi.
    Jika seseorang tidakmampu mengetahui atmospir yang ada di sekitarnya atau yang sedang berlangsung saat tersebut, bisa jadi orang itu melakukan tindakan atau kegiatan yang berlawanan dengan atmospir dan akan menyusahkannya. Contohnya ingin makan durian saat sedang bukan musimnya, maka akan susah mencari penjual durian, kalaupun ada pasti tidak matang sempurna seperti durian pada musimnya. Namun ada kalanya mengetahui atmospir bertujuan untuk melawan arus atau menghindari kerepotan. Contohnya atmospir mudik lebaran, jika kita memahami atmospir mudik lebaran tentu sebisa mungkin kita akan memilih hari dan tanggal yang berbeda dengan puncak arus mudiknya agar terhindar dari kemacetan.

    ReplyDelete
  68. Metia Novianti
    17709251021
    P.Mat A S2 2017

    Atmospir bisa dikonotasikan ke dalam berbagai macam hal, seperti musim, keadaan, suasana, suasana hati, suasana kebatinan, keadaan lingkungan hidup, dst. Atmospir bisa juga digambarkan sebagai suatu fenomena yang sedang terjadi dalam suatu lingkungan atau masyarakat. Dalam menyikapi terjadinya suatu atmospir, kita harus pandai menempatkan diri sesuai ruang dan waktu. Karena ketika kita salah menempatkan diri, maka kita akan salah tempat dan langkah. Kita juga harus bisa memilih mana atmospir yang baik dan benar agar tidak hanya ikut-ikutan dan justru membuat tersesat.

    ReplyDelete
  69. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Atmosfir dapat dikartikan dengan suasana yang dibangun dalam lingkup tertentu. Atmosfir disadari ataupun tidak dapat mempengaruhi orang-orang yang berada dalam lingkungan tersebut. Sehingga atmosfir itu juga dapat dibangun oleh orang-orang yang berada di lingkungan tersebut. Maka bangunlah atmosfir yang baik, agar berdampak baik pula pada lingkungan dan diri kita sendiri.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  70. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Makna atmosfer yang sering kita dengar adalah suatu keadaan suasana, cuaca atau musim pada waktu tertentu yang melingkupi suatu daerah. Melelui elegi ini, pemahaman saya berubah bahwa atmosfer dapat di konotasikan dengan keadaan batin, suasana, keadaan lingkungan hidup. Dalam rangka mengapai atmosfer hidup maka kita harus senantiasa berusaha menempatkan pada keadaan yang benar hal ini agar pencapaian ikon atmosfer dapat maksimal. Contoh ketika kita sedang mencari pekerjaan, maka atmosfer kira ada keadaan akan mengikuti ujian. Maka kita harus mempersiapkan atmosfer nya dengan belajar yang rajin, berdoa kepada Allah SWT dan ikhtiar agar diberi jalan yang terbaik.

    ReplyDelete
  71. Junianto
    PM C
    17709251065

    Atmosfer yang saya pahami adala sebuah kondisi yang memungkinkan seseorang melakukan sesuatu. Almosfer yang bagus menunjukkan suasana/ kondisi lingkungan yang bagus pula. Itu kaitannya dengan kehidupan manusia. Sedangkan di ilmu alam ada juga istilah atmosfer yaitu lapisan udara yang menyelimuti bumi sehingga bumin sangat kondusif memungkinkan manusia bisa hidup di dalamnya. Analog dengan pengertian ini, atmosfer bisa juga dimaknai sebagai suasana lingkungan belajar siswa. Atmosfer ini bisa mndukung siswa dalam belajar namun bisa juga menghambat siswa jika atmosfer belajar tidak kondusif.

    ReplyDelete
  72. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Kita sering mendengar kata atmospir yang sering dikaitkan dengan cuaca maupun keadaan lingkungan sekitar. Dari bacaan ini, atmospir bisa juga diartikan dengan sebuah suasana, situasi maupun keadaan sesorang dengan keadaan yang terjadi di lingkunan hidupnya. Maka sebenar-benar manusia adalah memiliki atmospir sesuai dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  73. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Atmospir digambarkan tentang keadaaan/situasi yang sedang terjadi saat ini. Kita akan nyaman dengan situasi yang ada jika kita cocok dengan atmospir. Hal ini sangat sering kita rasakan. Misalkan kita memiliki teman kelas baru yang terdiri dari banyak orang dengan kharakteristik berbeda. Jika karakter mereka cocok dengan kita maka kita akan nyaman, Namun sebaliknya, jika kita tidak menyukai karakter orang lain kita bisa tidak nyaman berada pada atmospir tersebut.

    ReplyDelete
  74. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Atmospir, jika kita mendengarnya maka kebanyakan akan berfikir mengenai dunia sains dimana atmosfir dipelajari. Namun jika kita lihat di dunia filsafat, menurut saya atmosfir yang dimaksud adalah dengan membiasakan bacaan mengenai filsafat untuk mengetahui secara mendalam pemikiran yang ada di dalam filsafat sehingga pengetahuan yang diperoleh tidak setengah-setengah.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  75. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Atmospir bersifat kontekstual, relatif, tergantung dimensi ruang dan waktunya. Kita perlu memahami atmospir sekitar agar kita dapat bertindak sesuai situasi yang ada sehingga sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing masalah itu sendiri. KIta dituntut cerdas dalam memahami atmospir, dan cerdas dalam mengambil keputusan diharapkan mampu menjalani hidup secara cerdas.

    ReplyDelete
  76. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Setelah membaca artikel diatas yang berjudul "atmosfir", secara garis besar dapat saya simpulkan bahwa atmosfir disini berarti suatu keadaan yang medukung sebuah tindakan. Keadaan dapat diartikan sebagai kondisi hati, lingkungan sekitar, dan masyarakat secara luas. Dalam artikel tersebut disebutkan sebuah contoh akan mudah mencari durian jika mencarinya saat musim durian. Jadi dalam setiap tindakan yang akan kita lakukan sebaiknya kita mempertimbangkan atmosfirnya agar kita lebih mudah dalam menyelesaikan tindakan tersebut

    ReplyDelete
  77. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Atmospir dapat diartikan sebagai suasan, atau lingkungan kita. Maka dalam hidup ini kita harus dapat memilih dan menciptakan atmospir yang positif. Menciptakan atmospir yang positif adalah tentang bagaimana agar hati dan pikiran kita senantiasa berpikiran positif. Memandang segala sesuatu dari sudut pandang positf sehingga menciptakan kenyamanan bagi diri kita sendiri. Memilih atmospir yang positif, yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Memilih atmospir yang dapat membuat kita nyaman.

    ReplyDelete
  78. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Atmosfir itu seperti yang saya pahami selama ini memang seoerti suasana. Memaknai atmosfir dapat berguna agar mempermudah seseoran g dalam aktivitasnya. Seperti yang dicontohkan di atas bahwa seseorang akan dapat bekerja dengan baik jika atmosfir nya sesuai.

    ReplyDelete
  79. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Atmospir adalah keadaaan lingkungan. Atmosfir bisa dikonotasikan dalam berbagi hal, seperti musim, suasana hati, ruang, dan watu. Atmosfir itu mempengruhi apa yang disekitar atmospir tersebut. Atmospir dapat di bangun, untuk memudahkan kita. Atmospir yang sesuai akan mendukung setiap apa yang kita lakukan, sebaliknya atmospir yang tidak sesuai akan menyulitkan kita. Maka dari itu kita harus lihat ruang dan waktu, karena atmospir itu ruang dan waktu itu sendiri.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  80. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    ternyata kata atmospir tidak hanya dapat digunakan di dalam ilmu geografi, tetapi kata ini dapat juga dipakai dalam kehidupan sehari-hari yang memiliki amkna sesuatu yang menggambarkan keadaan atau musim. ketika seseorang mampu mengenali atmosfir lingkungannya maka akan membantu orang tersebut dalam berbagai urusan. misalnya seorang pengusaha akan sukses jika ia mampu mnegenali kebutuhan konsumen

    ReplyDelete
  81. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Dalam melakukan segala sesuatu kita harus mengenali atmosfirnya, hidup kita akan terasa mudah dan nyaman jika kita bisa mengenali atmospir. Dengan atmosfir yang tepat seseorang dapat bekerja atau melakukan apapun dengan nyaman dan tenang. Namun jika seseorang tidak mendapati atmospir yang tepat atau tidak bisa mengenali atmosfir dimana dia berada, maka dia akan merasa tidak nyaman, susah untuk beradaptasi bahkan akan mengalami kesulitan. Sebagai akademisi tentunya kita harus cerdas agar bisa mengenali macam-macam dan tingkatan atmosfir, agar apa yang kita lakukan bisa lebih lancar, efisien, dan lebih mudah.

    ReplyDelete
  82. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Atmosfer adalah suatu keadaan yang mengiringi kehidupan seseorang. Atmosfer juga sering dimaknai sebagai suasana. Seseorang akan lebih produktif jika berada pada atmosfer yang cocok, sesuai, dan positif tentunya. Atmosfer yang seperti itu akan didapatkan jika kita mempunyai lingkungan yang baik serta teman-teman yang baik dan mendukung. Contoh sederhananya adalah atmosfer perpustakaan, dimana di dalamnya dibangun suasana yang mendukung untuk membaca serta orang-orang yang sibuk atau rajin membaca, maka atmosfer tersebut akan mendorong kita untuk rajin membaca juga.

    ReplyDelete
  83. M. Zainudin
    16701261019
    PEP

    suatu kondisi hati, lingkungan, relasi, dsb dapat mempengaruhi proses untuk mencapai tujuan

    ReplyDelete
  84. Luluk Mauluah
    S3 Dikdas 17706261012

    Owhh ternyata ilmu atmosfir ilmu yg sangat tinggi to Cangik. Jika memahami berbagai atmosfir maka kami akan mudah dalam melaksanakan berbagai program atau tindakan.
    Seorang pemimpin suatu wilayah, jika memahami wilayahnya maka akan denfan mudah dapat membuat kebijakan untuk kemakmuran wilayahnya.
    Jika seorang guru memahami atmosfir muridnya, memahami atmosfir apa semestinya guru. Maka akan dapat mempersembahkan pelayanan yg semestinya..

    ReplyDelete
  85. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    Pendidikan Matematika A 2015

    Atmosfir adalah keadaan lingkungan hidup. Sebagai contoh adalah atmospir alam semesta dan isinya adalah semata Kuasa Alloh SWT, kita sebagai manusia hanya bisa berdoa dan berusaha dengan mencari atmospir yang tepat dalam menjalankan ibadah. Sebenarnya semua persoalan yang kita alami dapat terselesaikan apabila kita dapat menemukan tmosfir yang tepat. Maka kita harus pandai-pandai dalam mencari situasi atmosfir yang tepat. Sehingga kamu dapat mengetahui bahwa hidupmu itu adalah atmospir itu sendiri, karena atmospir itu hidup.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  86. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Atmosfer biasa disebut dengan keadaan, suasana, suasana hati, suasana kebatinan, lingkungan hidup dst. Jika kita bisa memahami atmosfer yang ada maka kita akan dengan mudah untuk beraktifitas sesuai dengan atmosfernya, begitu juga sebaliknya, akan merasa kesulitan atau kurang kondusif jika berada diluar atmosfernya. Seperti contohnya, akan lebioh mudah mencari durian apabila sedang musim durian, menjual buku saat musim masuk sekolah dll. Sama halnya dalam melakukan pembelajaran di sekolah, semuanya akan lebih mudah apabila guru memahami atmosfer murid sehingga bisa melakukan proses pembelajaran dengan baik.

    ReplyDelete
  87. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Dari artikel di atas saya dapat belajar bahwa jika kita ingin mengerjakan suatu kewajiban dan tujuan hidup, maka kita harus mengenali atmospir yang ada. Barang kali atmospir yang satu kurang cocok dalam mendukung tujuan yang ingin kita buat. Maka dari itu kita harus mampu mencari atmospir yang tepat jika ingin mencapai tujuan dengan lancar dan tanpa hambatan.

    ReplyDelete
  88. Puspitarani
    15301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    Terima kasih Bapak untuk artikel atmosfir yang sudah di share untuk kami. seperti yang tertulis dalam artikel tersebut, Arti denotatifnya, atmospir itu cuaca atau musim. Konotasinya: keadaan, suasana, suasana hati, suasana kebatinan, keadaan lingkungan hidup, dst.Atmosfer adalah suatu keadaan yang mengiringi kehidupan seseorang. Atmosfer juga sering dimaknai sebagai suasana. Seseorang akan lebih produktif jika berada pada atmosfer yang cocok, sesuai, dan positif tentunya. Atmosfer yang seperti itu akan didapatkan jika kita mempunyai lingkungan yang baik serta teman-teman yang baik dan mendukung. Contoh sederhananya adalah atmosfer kelas, dimana di dalamnya dibangun suasana yang mendukung untuk belajar serta orang-orang yang sibuk atau rajin untuk belajar dan mendengarkan gurunya ketika sedang menjelaskan pelajaran, maka atmosfer tersebut akan mendorong kita untuk belajar dan mendengarkan guru juga. atmosfir itu seperti suasana. dengan suasana yang mendukung (misalnya di rumah kita kita dikelilingi oleh keluarga yang tidak merokok, pekerja keras, tidak pernah berkata kasiar) maka kita akan hidup dengan baik (tidak merokok, pekerja keras, tidak pernah berkata kotor), sebaliknya jika lingkungan keluarga kita suka merokok, pemalas, dan sering berkata kotor maka kemungkinan besar kita akan tertular untuk merokok, malas, dan berkata kasar.

    ReplyDelete
  89. Febriana Putri Hutami
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241007
    Atmospir itu situasi atau keadaan. Sebagai seorang calon pendidik perlu menganal atmospir yang ada. Seorang pendidik dapat menyampaikan informasi ke siswa jika pendidik tersebut mengenal atmospir yang ada. Jika pendidik tidak mengenal atmospirnya, bisa saja keputusan yang ia ambil dapat merugikan dirinya maupun orang sekelilingnya, seperti siswa. Untuk menciptakan atmospir yang baik, guru perlu mengenal karakteristik siswa. Sehingga setiap keputusan yang diambil tidak merugikan siswa. Jadi agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancer manusia perlu mengenali atmospir yang ada serta dapat menciptakan atmospir yang baik.

    ReplyDelete
  90. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    Pendidikan Matematika A 2015/S1
    15301241046
    Assalamu’alaikum Wr.Wb

    Atmospir itu keadaan kejiwaan atau psikologis, yang ditopang dengan kondisi fisik yang menunjang. Berarti, perlu sekali kita memahami atmospir disekitar kita. Untuk memulai pembicaraan, diskusi, bekerja, mengajar, dan hal-hal yang berhubungan dengan orang lainkita harus dapat membaca bagaimana keadaan kejiwaan atau psikologis orang tersebut, agar segala hal yang kita lakukan berjalan lancar tanpa menyakiti hati orang lain.

    ReplyDelete
  91. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Atmospir diartikan sebagai keadaan, suasana, suasana hati, suasana kebatinan, keadaan lingkuna hidup, dst. Atmospir bersifat kontekstual terikat oleh ruang dan waktu. Dalam menjalani kehidupan, kita harus memahami atmosfer yang ada. Dengan memahami attmosfer, kita dapat menjaga sikap, tingkah laku, tindakan kita. Sehingga membuat kita nyaman, tenang, damai dalam menjalani hidup. Seperti yang dicontohkan oleh Prof. Marsigit, lebih mudah mencari durian ketika musim durian, lebih mudah mencari ketupat jika bulan ramadhan atau menjelang lebaran, dsb.

    ReplyDelete
  92. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Atmospir secara konotatif diartikan sebagai suatu keadaan atau suasana sehingga sesuai dengan artikel bapak, orang yang cerdas adalah orang yang dapat mengenali atmospir. Artinya, orang yang dapat memahami suasana ataupun keadaan dikatakan orang yang cerdas. Seseorang yang mampu memahami keadaan akan berpikir sebelum bertindak. Orang tersebut akan mempertimbangkan setiap risiko dari tindakan yang dia ambil sehingga keputusan yang diambil merupakan keputusan yang tepat.

    ReplyDelete
  93. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Atmorpir adalah kondisi kejiwaan atau psikologis seseorang yang diimbangi dengan kondisi fisik sehingga akan menhghasilakn ikon atau kata. Atmosfir ada beberapa tingkatan mislanya atmosfir individu , kelompok dan lainnya. Atmosfir ini digunakan untuk mamahami kehidupan. Jika seseorang itu cerdas berarti sesorang itu sudah mampu memahami berbagai atmosfir. Contoh sesorang yang akan memulai pembicaraan dengan orang lain maka seseorang itu harus tahu kondisi orang yang akan diajak bicara , kondisi lingkungan dan waktu pembicaraan.

    ReplyDelete
  94. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Atmospir sering diartikan sebagai keadaan, suasana, suasani hati, keadaan lingkungan dan sebagainya. Memahami atmospir sekitar itu sangat penting, karena dengan memahaminya kita dapat menyesuaikan dan masuk dalam aktivitas atmospir tersebut. Misalnya pendidikan di sekolah, seorang guru dapat dengan mudah menyampaikan pembelajaran jika guru mampu memahami atmospir peserta didiknya. Jika guru mampu memahami atmospir peserta didiknya, maka hal tersebut dapat menguntungkan kedua belah pihak khususnya dalam capaian pembelajaran.

    ReplyDelete
  95. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    Atmospir dapat dikatakan sebagai suasana yang sedang terjadi di lingkungan kita. kita harus mengerti berbagai macam atmospir yang ada. Hidup kita akan dipermudah jika kita bisa mengenali atmospir yang ada. misalnya, jika kita ingin mencari ilmu tentang agama, maka kita harus mencari atmospir yang tepat, misalnya di pesantren, di kajian-kajian, atau di masjid, dsb. Maka sebenar benar hidupmu itu adalah atmospir itu sendiri, karena atmospir itu hidup.

    ReplyDelete
  96. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Atmospir dapat diartikan suasana, situasi atau keadaan yang terjadi saat ini. Dalam melakukan sesuatu kita harus mengenali terlebih dahulu atmospirnya agar kita bisa melakukannya dengan nyaman dan tenang sehingga tidak merasa kesulitan , sebaliknya apabila kita tidak bisa mengenali atmospirnya maka akan merasa tidak nyaman dan bahkan akan merasa kesulitan. Atmospir bersifat kontekstual dan relatif tergantung dimensi ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  97. Julialita Muhariani
    15301241004
    Pendidikan Matematika A 2015

    Atmosfir berkaitan dengan keadaan/suasana suatu lingkungan hidup. Jika atmosfir antara satu individu dengan individu yang lain telah cocok maka akan tercipta suatu kedamaian. Sama halnya seperti seorang guru yang sedang mengajar di kelas, guru haruslah mengerti atmosfir di dalam kelas tersebut. Lihat bagaimana keadaan siswanya, dalam hal ini guru harus pandai-pandai mengolah atmosfir di dalam kelas agar menjadi sama sehingga pembelajaran akan berjalan dengan baik dan materi yang diajarkan lebih mudah diserap oleh siswa karena telah adanya kesamaan atmosfir.

    ReplyDelete
  98. Alvi Khoirunnisak
    15301241012
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Jika atmosfir diartikan sebagai lingkungan sekitar, ada dua pilihan yang dapat kita ambil untuk menghadapi lingkungan tersebut. Mengikuti lingkungan tersebut sampai kita nyaman, atau mengubah lingkungan tersebut agar kita menjadi nyaman. Pilihan terbaik tentu tidak mutlak, semua bergantung pada atmosfir dan kebutuhan, bahkan landasan juga.
    Jika atmosfir sudah baik, namun kita belum nyaman, kita bisa memilih utk menyesuaikan dg dg atmosfir tersebut. Namun jika atmosfir belum baik, atau dapat dikatakan tercemar, maka kita harus mengubah dan memjernihkan atmosfir tersebut sampai bersih dan nyaman untuk dihuni.

    ReplyDelete
  99. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Atmosfir merupakan gambaran keadaan situasi atau suasana yang terjadi di lingkungan sekitar. Misalnya lebaran, musim duren, dan lain sebagainya. Jika masih lebaran maka lingkungan masih kental akan ikon lebaran, kalau musim duren pastilah dilingkungan sekitar banyak duren. Kita juga harus paham akan atmosfir yang sedang berlangsung agar kita dapat menanggapi atmosfir tersebut secara tepat sesuai atmosfir yang sedang berlangsung di lingkungan.

    ReplyDelete
  100. Rina Musannadah
    15301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Atmospir diartikan sebagai cuaca, keadaan, suasana. Manusia dikatakan wajar atau normal jika mengerti berbagai atmospir. Mengerti berbagai atmospir yang ada juga berarti peka terhadap atmospir yang sedang dihadapi. Dengan peka terhadap atmospir yang ada, kita lebih tepat dalam bertindak, bersikap, juga bertingkah laku dalam atmospir-atmospir tertentu.

    ReplyDelete
  101. Raudhah Nur Pratiwi (15301244009)
    S1- Pend. Matematika A 2015

    Bismillah,
    Arti konotasi atmospir adalah keadaan, suasana, suasana hati, suasana kebatinan, keadaan lingkungan hidup, dst. Atmospir menggambarkan keadaan menuju puncak ikon, di mana semua keadaan, semua sifat, semua lingkungan, semua kegiatan, semua pikiran, dan perasaan tertuju pada ikon atmospir. Seperti yang Prof sebutkan, manusia akan lebih mudah, lebih lancar, lebih efektif, dan lebih efisien jika beraktivitas dalam atmospirnya. Begitu pula dalam aktifitas pembelajaran di kelas. Kondisi psikologis siswa akan sangat dipengaruhi oleh atmospir di kelas. Semakin baik atmospir yang terccipta di kelas, maka kondisi psikologis siswa semakin baik pula. Begitu sebaliknya. Oleh karena itu, atmospir dalam pembelajaran di kelas harus dipenuhi atmospir-atmospir yang positif, harus penuh semangat, harus menyenangkan. Agar pembelajaran di dalam kelas dapat berjalan maksimal.

    ReplyDelete
  102. Siti Efiana
    15301241029
    S1- Pend.Mat I 2015

    Terima kasih atas artikelnya, Prof. Saya tertarik dengan kalimat penutup dari artikel ini, yaitu “Kamu dikatakan wajar atau normal jika kamu mengerti berbagai macam atmospir. Hidupmu akan dipermudah jika kamu bisa mengenali atmospir. Kamu mudah rundingan dengan saya jika atmospirnya cocok. Ingin pergi cari atmospir yang tepat. Ingin punya hajat, cari atmospir yang tepat. Ingin menanam, berdagang, menuntut ilmu, dst..cari atmospir yang tepat. Akan berperang saja mencari atmospir yang tepat. Orang ngibadah saja cari atmospir, kapan ngibadah yang paling ijabah. Semua persoalan dapat dicari dari atmospir yang tepat. Engkau dikatakan cerdas, jika engkau bisa mengenali atmospir-atmospir. Maka sebenar benar hidupmu itu adalah atmospir itu sendiri, karena atmospir itu hidup.” Saya setuju dengan kalimat di atas, memang kita harus mengenali atmosfir—yaitu keadaan, suasana, suasana hati, suasana kebatinan, keadaan lingkungan hidup, dst sehingga nantinya kita akan lebih mudah dalam melakukan berbagai hal, misalkan menyesuaikan diri jika atmosfirnya sudah baik dan berusaha sedikit demi sedikit mengubah atmosfir yang ada jika atmosfir belum baik.

    ReplyDelete
  103. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Atmospir adalah situasi dan keadaan, baik suasana hari, suasan kebatinan, dan sebagainya. atmospir itu menggambarkan suatu keadaan menuju puncak tadi. seperticontohnya orang akan lebih mudah menemukan durian saat musim durian. Maka dari itu dalam pembelajaran, suasana belajar sangat berdampak, sehingga sekolah ahrus menjadi tempat yang nyaman bagi anak didik. Oleh karena itu, guru perlu membangun suasana belajar yang baik sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien dan tujuan pembealajaran tercapai.

    ReplyDelete
  104. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Atmospir berkaitan dengan suasana hati atau situasi lingkungan. Setiap manusia haruslah mengerti atmospir dirinya dan atmospir yang sesuai dengannya. Memahami atmospir akan membuat diri kita dapat cepat beradaptasi.
    Hal ini dapat diterapkan guru dalam proses pembelajaran. Guru harus memahami atmospir peserta didiknya demi memfasilitasi mereka untuk mencapai tujuan pendidikan.

    ReplyDelete
  105. Lisfiyati Mukarromah
    15301241042
    Pendidikan Matematika A 2015
    Program S1
    Atmosfer makna konotasinya adalah keadaan, suasana, suasana hati, suasana kebatinan, keadaan lingkungan hidup, dst. Seorang yang cerdas mampu mengenali atmosfer kehidupannya sehingga bisa menyesuaikan diri.
    Contohnya adalah seorang guru harus mengenali atmosfer yang ada di dalam kelas. Seorang guru yang bisa memahami atmosfer kelas, maka guru tersebut bisa menyesuaikan metode yang cocok untuk pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih mudah memahami pelajaran.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  106. Farisa Yunilasari
    15301241025
    S1-Pendidikan Matematika A 2015

    Atmorpir itu keadaan kejiwaan atau psikologis, yang ditopang dengan kondisi fisik yang menunjang, sehingga atmospir itu menghasilkan ikon atau kata, frasa atau kalimat kunci. Atmospir itu menggambarkan suatu keadaan menuju puncak ikon tadi. Semua keadaan, semua sifat, semua lingkungan, semua kegiatan, semua pikiran dan semua perasaan tertuju pada ikon atmospir misalnya lebaran.

    ReplyDelete
  107. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Pada awalnya saya mengartikan atmospir sebagai keadaan, kondisi dalam lingkupan hidup yang ada pasa saat itu, tidak terkait dengan suasana hati dan kebatinan. Artikel ini memberikan saya pandangan lebih luas lagi. Atmospir juga terkait dengan suasana hati, pikiran, dan kebatinan. Atmospir sebagai keadaan jiwa atau psikologis yang ditompang oleh fisik pada makhluk hidup. Atmospir juga memiliki tingkatan-tingkatan bergantung pada apa yang dilihat dalam atmospir itu. Atmospir mengalir dalam sejarah, kehidupan, dan bersifat hidup, sehingga ia bersifat konstektual yang terikat oleh ruang dan waktu.
    Memahami atmospir memiliki banyak manfaat dalam diri. Saat atmospir sesuai dengan keadaan fisik, maka pikiran dan hati pun akan baik. Mempelajari, mencari dan mengenali atmospir juga menjadi point penting dalam kehidupan. Karena kehidupan manusia itu adalah atmospir dirinya sendiri, dan atmospir itu hidup.

    ReplyDelete
  108. Isykarima Nur S
    15301241032
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Atmospir adalah keadaan, suasana, suasana hati, suasana kebatinan, lingkungan hidup dst. Sebagai makhluk sosial, haruslah kita dapat memahami atmospir yang ada disekitar kita, semakin kita peka terhadap atmospir di sekitar kita semakin pandai pula seseorang dalam mengondisikan dirinya atau menempatkan dirinya pada setiap kondisi.

    ReplyDelete
  109. Rina Anggraeni
    15301241043
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Atmospir yaitu keadaan kejiwaan yang di topang kondisi fisik yang menunjang sehingga menghasilkan ikon. Misalnya musim hujan atau musim buah, keadaan sibuk atau sakit, dan seterusnya. Saya akan memberikan beberapa contoh lain atmospir. Contoh atmospir jalan raya yaitu sedang ada perbaikan jalan, dari itu kita tidak boleh melewati atau harus berhati-hati karena jalan tersebut karena sedang ada perbaikan jalan karena sebentar lagi akan musim orang mudik. Contoh atmospir pasar, misal harga cabai mahal dikarenakan petani gagal panen, dari itu kita dapat menyimpulkan bahwa harga cabai sedang mahal jadi kita harus menghemat cabai yang ada di rumah karena sedang musim cabai mahal. Segala persoalan kehidupan di dunia dapat dicari solusinya dari atmospir yang tepat.

    ReplyDelete
  110. Amayda Ade Pramesti
    15301244012
    S1 Pend.Mat A 2015

    Atmospir adalah keadaan atau suasana. dari postingan diatasa dijelaskan bahwa manusia harus bisa menempatkan dirinya di atmospir yang tepat. jika tidak tepat akan terjadi kesulitan. Peka terhadap atmospir yang terjadi disekelilingnya pun menjadi prioritas agar diirnya mampu menempatkan dirinya diatmospir tersebut.

    ReplyDelete
  111. Tico Miladina
    14301244014
    Pendidikan Matematika A

    Atmospir dapat disebut juga dengan atmosfer dalam pelafalan yang baku. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel, atmosfer memiliki arti cuaca atau musim atau tingkat tekanan udara. Hal ini mengarahkan arti atmosfer sebagai sastra yaitu suasana perasaan. Layaknya tekanan udara yang berlapis-lapis serta dapat berubah-ubah, suasana perasaan seseorang dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Jika atmosfernya baik dan stabil, lingkungan sekitar dapat menerima keberadaannya dengan baik. Begitu juga sebaliknya, jika buruk dan labil, maka akan sulit diterima oleh lingkungan sekitar. Oleh karena itu, manusia terus belajar untuk menjaga atmosfer diri.

    ReplyDelete
  112. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Atmospir dapat diartikan sebagai keadaan, suasana hati, atau keadaan lingkungan. Atmospir ini menggambarkan suatu keadaan yang terjadi atau yang akan terjadi. Misalnya jika atmospir dari seseorang sedang sedih atau murung, berati keadaan dari seseorang itu bisajadi adalah sedang terpuruk atau sedang tertimpa musibah. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita perlu mengetahui berbagai macam atmospir yang ada. Jika kita mengetahui atmospir yang ada di sekeliling kita, kita juga dapat bertindak sesuai dengan atmospir atau keadaan tersebut. Mengenali atmospir sebelum bertindak ini membuat kita terhindar dari tindakan yang tidak yang tidak sesuai atau tindakan yang tidak mengenakkan bagi seseorang atau suatu atmospir tertentu.

    ReplyDelete
  113. Zudhy Nur Alfian
    15301241035
    S1 Pend Matematika 2015

    Hal yang dapat kita tahu bahwa kata atmosfir itu berbeda dengan pengetahuan saya sebelum membaca artikel ini. Selama ini, saya mengetahui bahwa atmosfir itu adalah cuaca di satu tempat tertentu. Dalam hal ini, atmosfir erat kaitannya dengan keadaan geografis. Namun, ternyata atmosfir juga dapat diartikan sebagai situasi atau keadaan seseorang. Sebagaimana cuaca, atmosfir akan selalu berubah-ubah setiap waktunya. Sebagai manusia, sangat perlu jika kita mengenali atmosfir kita, karena akan mempermudah kehidupan kita.

    ReplyDelete