Sep 25, 2017

*Atmospir*



Oleh: Marsigit UNY


*Limbuk*:
Lha kalau atmospir itu apa Ngik?

*Cangik*:
Arti denotatifnya, atmospir itu cuaca atau musim. Konotasinya: keadaan, suasana, suasana hati, suasana kebatinan, keadaan lingkungan hidup, dst.

*Limbuk*:
Manfaat atmospir ?

*Cangik*:
Atmorpir itu keadaan kejiwaan atau psikologis, yang ditopang dengan kondisi fisik yang menunjang, sehingga atmospir itu menghasilkan ikon atau kata, frasa atau kalimat kunci, misalnya: musim lebaran, minggu tenang, musim tanam, keadaan bergembira, keadaan berduka, keadaan waspada, keadaan gawat darurat, keadaan bersuka cita, keadaan berdoa, keadaan istirahat, keadaan sibuk, jam sibuk, puncak arus balik, dst...semua itu atmospir.

*Limbuk*:
Lha manfaatnya?

*Cangik*:
Atmospir itu menggambarkan suatu keadaan menuju puncak ikon tadi. Semua keadaan, semua sifat, semua lingkungan, semua kegiatan, semua pikiran dan semua perasaan tertuju pada ikon atmospir misalnya lebaran.

*Limbuk*:
Iya, manfaatnya?

*Cangik*: Sebagai anggota masyarakat akan lebih mudah, lebih lancar, lebih efektif dan lebih efisien jika beraktivitas dalam atmospirnya. Sebaliknya akan lebih sulit atau kurang kondusif jika diluar atmospirnya.

*Limbuk*:
Contohnya?

*Cangik*: Ya, orang akan lebih mudah cari Duren jika sudah musim Durian. Mudah mencari Kupat jika musim Lebaran. Mudah menjual buku jika sudah musim sekolah. Dst.

*Limbuk*:
Lha kalau cuma kaya gitu saja, kenapa harus ngerti atmospir.

*Cangik*:
Kamu tidak saya beri sangu, karena belum musim gajian. Jadi jika seseorang bekerja sesuai dengan musimnya, secara psikologis akan mendapat banyak kemudahan.

*Limbuk*:
Macam atau tingkatan atmospir ?

*Cangik*:
Ada: atmospir pribadi, atmospir bersama, atmospir kelompok, atmospir golongan, atmospir sosial, atmospir kantor, atmospir pasar, atmospir lembaga, atmospir institusi, atmospir keluarga, atmospir jalan raya, atmosfir pariwisata, dst.

*Limbuk*:
Tingkatan atmospir?

*Cangik*: Atmospir material, atmospir formal, atmospir normatif dan atmospir spiritual. Atmospir material, hujan angin. Atmospir formal, musim reses DPR. Atmospir normatif, sedang dilanda hoax. Atmospir spiritual, musim Haji.

*Limbuk*:
Sifat atmospir?

*Cangik*:
Atmospir itu betsifat kontekstual, bersifat mengalir dalam sejarah dan bersifat hidup. Kontekstual artinya atmospir itu terikat oleh ruang dan waktu. Mengalir dalam sejarah, artinya tidak ada atmospir yang terisolasi atau terputus atau tidak dapat dijelaskan. Atmospir itu hidup dan dihidupkan. Atmospir dirimu, adalah engkau yang menghidupkan. Atmospir negara adalah tokoh negara yang menghidupkan. Atmospir dunia adalah tokoh dunia yang menghidupkan. Atmospir alam semesta dan isinya adalah semata Kuasa Alloh SWT.

*Limbuk*:
Manfaat untuk saya?

*Cangik*:
Kamu dikatakan wajar atau normal jika kamu mengerti berbagai macam atmospir. Hidupmu akan dipermudah jika kamu bisa mengenali atmospir. Kamu mudah rundingan dengan saya jika atmospirnya cocok. Ingin pergi cari atmospir yang tepat. Ingin punya hajat, cari atmospir yang tepat. Ingin menanam, berdagang, menuntut ilmu, dst..cari atmospir yang tepat. Akan berperang saja mencari atmospir yang tepat. Orang ngibadah saja cari atmospir, kapan ngibadah yang paling ijabah. Semua persoalan dapat dicari dari atmospir yang tepat. Engkau dikatakan cerdas, jika engkau bisa mengenali atmospir-atmospir. Maka sebenar benar hidupmu itu adalah atmospir itu sendiri, karena atmospir itu hidup.

END

6 comments:

  1. Restu Widhi Laksana
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251022
    Bismillahirrokhmanirrokhim

    Dari artikel ini yang saya fahami adalah menjelaskan suatu pengetahuan pun harus memahami atmospir. Karena akan percuma penjelasan kita jika orang yang kita jelaskan tidak memahami atmospir yang sedang kita bangun. Maka hal ini memunculkan sebuah masalah baru dalam pikiran saya bahwa seorang guru mempunyai tantangan besar ketika siswanya bahkan tidak memahami atmospir penjelasan guru.
    Dari sini maka perlu sekali untuk seorang guru membangun atmospir belajar yang kondusif dan sesuai dengan pembelajaran. Sekaligus harus sesuai juga dengan tingkat pemahaman siswa, sehingga siswa masih dapat menjangkau penjelasan yang diutarakan guru.

    ReplyDelete
  2. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Atmosfir itu sifatnya dinamis menyesuaikan kejadian-kejadian yang muncul di suatu ruang waktu. Atmosfir menyesuaikan fenomena yang ada di suatu tempat..Seseorang bisa merasakan atmosfir, jika rasa, pikiran, jiwanya berada di satu ruang atmosfir yang sedang muncul.. contohnya kita akan merasakan atmosfir persaingan untuk kalah atau menang dalam suatu pertandingan jika jiwa, pikiran , rasa kita masuk dalam alam "pertandingan" yang sedang berlangsung..
    Nasehat leluhur kita utk mensiasati dengan atmosfir yang muncul adalah "eling papan lan panggon"..

    ReplyDelete
  3. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Saya sepakat bahwa kita dapat dengan mudah belajar jika berada pada atmosfir yang tepat. Atmosfir dapat diartikan sebagai kondisi lingkungan hidup dan kondisi jiwa. Seorang siswa mungkin saja lebih mudah menyerap materi jika materi diberikan pada apgi hari, ketika kondisi jiwa sedang bersemangat dan kondisi lingkungan sedang mendukung.

    ReplyDelete
  4. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018
    Terkait topik bahasan tentang Atmospir bahwa seperti yang tertulis dalah artikel ini dan kemudian saya kutip, yakni "Kamu dikatakan wajar atau normal jika kamu mengerti berbagai macam atmospir. Hidupmu akan dipermudah jika kamu bisa mengenali atmospir. Kamu mudah rundingan dengan saya jika atmospirnya cocok. Ingin pergi cari atmospir yang tepat. Ingin punya hajat, cari atmospir yang tepat. Ingin menanam, berdagang, menuntut ilmu, dst..cari atmospir yang tepat. Akan berperang saja mencari atmospir yang tepat. Orang ngibadah saja cari atmospir, kapan ngibadah yang paling ijabah. Semua persoalan dapat dicari dari atmospir yang tepat. Engkau dikatakan cerdas, jika engkau bisa mengenali atmospir-atmospir. Maka sebenar benar hidupmu itu adalah atmospir itu sendiri, karena atmospir itu hidup", bahwa dalam suatu kehidupan diatur oleh satu saja pembuat skenario kehidupan, namun sejumlah makhluk hidup termasuk manusia, masing-masing memiliki atmosir kehidupan yang berbeda.

    ReplyDelete
  5. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018
    Saya mendapat pelajar penting dari tulisan ini, dalam konteks diri saya sendiri bahwa segala sesuatu itu sangat tergantung pada ruang dan waktu. Dalam Bahasa yang sangat pribadi adalah “suasana hati”. Suasana hati itulah yang menjadi kunci segala hal yang akan kita lakukan. Suasana hati yang riang akan membuat hati, pikiran, dan langkah lancer. Demikian pula sebaliknya. Itulah atmosphir.

    ReplyDelete
  6. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Atmospir bisa berarti cuasa, suasana, keadaan, dan lain sebagainya. Hidup bisa lebih mudah jika mengenal atmorpir. Mengajarkan matematika kepada siswa bisa lebih mudah jika mengetahui keadaan dan kondisi dari siswanya. Mengerti bagaimana suasana hatinya, sehingga bisa mempersiapkan apa yang diperlukannya. Suasana hati yang baik dapat dapat memudahkan dalam kebaikan. Misalnya saja ketika memberi komentar kepada orang lain. Perlu kita mengetahui atmorpir dalam diri sendiri, karena jika keadaan diri sedang tidak aik atau sedang dalam masalah maka bisa menimbulkan masalah yang lainnya, bukannya memberikan komentar yang membangun malah memberikan komentar yang negatif. Untuk itu, perlunya kita mengetahui atmosfir diri agar dapat menyesuaikan keadaan yang ada dan bisa membantu dalam menghadapi tantangan yang ada.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete