Sep 25, 2017

*METAFISIK*



Oleh: Marsigit UNY


*Gareng*:
Rama, Tejamaya itu siapa?

*Semar*:
Tejamaya itu metafisiknya Togog.

*Gareng*:
Metafisik? Lha metafisiknya rama Semar?

*Semar*:
Metafisiknya Semar itu ilmu. Metafisiknya Gareng itu hati. Metafisiknya Petruk itu perbuatan atau perilaku. Metafisiknya Bagong itu kenyataan.

*Gareng*:
Apakah metafisiknya saya hanya hati?

*Semar*:
Metafisik itu banyak, tidak tunggal. Metafisikmu itu selain dirimu.

*Gareng*:
Wa lah kok mbalah bingung aku?

*Semar*:
Metafisik, meta itu maksud di sebaliknya yang engkau lihat atau dengar.

*Gareng*:
Wah semakin pening kepalaku?

*Semar*:
Daun ini warnanya apa?

*Gareng*:
Daun itu warnanya hijau.

*Semar*:
Itu benar bagi pikiran dan pengelihatanmu. Tetapi aku sedang berpikir yang tidak sama dengan pikiran dan penglihatanmu.

*Gareng*:
Ya semua orang pasti akan mengatakan daun itu hijau.

*Semar*:
Itu karena kamu dan yang lain tidak melihat dan berpikir metafisiknya.

*Gareng*:
Lha metafisik warna daun hijau itu apa?

*Semar*:
Ilmu, pengetahuan dan teknologimu akan menentukan jenis metafisiknya.

*Gareng*:
Metafisik kok perlu ilmu?

*Semar*:
Secara metafisik, daun ini warnanya justru selain hijau atau bukan hijau.

*Gareng*:
Kamu aneh, jelas daun itu warnanya hijau kok dikatakan bukan hijau. Lha kalau bukan hijau, apa warna daun itu.

*Semar*:
Secara metafisik, warna daun itu ya selain hijau, bisa merah, kuning, biru, ungu, dst.

*Gareng*:
Kok bisa?

*Semar*:
Inilah gunanya ilmu. Warna itu adalah sinar yang engkau lihat dan pikir. Engkau tidak akan pernah bisa melihat benda jika tidak ada sinar yang dipantulkan atau keluar dari benda itu.

*Gareng*:
Apa iya?

*Semar*:
Coba lihat nih. Lampu saya matikan. Mana daunnya?

*Gareng*:
Wah gelap, semua hitam. Berarti daunnya warnanya hitam ya?

*Semar*:
Betul sekali. Sekarang, lampu kuning saya nyalakan.

*Gareng*:
Kok daunnya menjadi berwarna kuning?

*Semar*:
Betul sekali. Sekarang saya nyalakan lampu merah.

*Gareng*:
Kok daunnya jadi berwarna merah?

*Semar*:
Betul sekali. Sekarang jendela saya bukak, semua lampu saya matikan. Sinar matahari dari luar menyinari daun.

*Gareng*:
Wah sekarang daunnya menjadi berwarna hijau.

*Semar*:
Betul sekali. Jadi warna benda itu tergantung sinar yang keluar atau memantul dari benda itu. Maka secara metafisik, warna dari daun ini adalah _semua warna_ kecuali hijau. Sebab warna warna yang lain terserap oleh daun, dan telah menjadi milik daun. Sedang daun tidak mampu menyerap warna hijau, maka warna hijau memantuk sampai penglihatan dan pikiranmu, kemudian kamu mengatakan daun ini berwarna hijau. Secara metafisik, itu keliru. Jadi secara metafisik, semua penglihatan kita akan warna benda itu keliru. Yang bukan warna milik benda itu yang terpantul ke mata kita itulah yang selalu kita sebut warna benda.

*Bagong*:
Dolanan metafisik itu apa gunanya?

*Semar*:
E semua kenyataan mempunyai metafisiknya sendiri sendiri. Maka semua pikiran, perasaan, ibadah, doa, keyakinan, maksud, tujuan, ucapan, tulisan dst mempunyai metafisik masing masing.

*Bagong*:
Iya gunanya untuk apa?

*Semar*:
Mengerti banyak maksud dari maksud maksud, mengerti banyak maksud dari perbuatan, mengerti banyak maksud dari tulisan, ucapan dan kenyataan itulah yang dimaksud orang berilmu. Maka sebenar benar ilmu itu adalah metafisik.

*Petruk*:
Apa metafisik bisa untuk pendidikan moral rama?

*Semar*:
Nau dzubilah mindzalik. Sebenar benar godaan syaitan kepada manusia adalah godaan metafisik, yaitu menggoda manusia dengan ketidak tahuan manusia sendiri. Maka penyakit hidup manusia ialah manakala dia sudah tergoda metafisiknya syaiton, yaitu merasa mengerti banyak perkara. Maka pendidikan moral yang diperlukan adalah pendidikan agar manusia secara metafisik mampu mengetahui beberapa maksud dibalik perkara. Sebenar benar manusia bermoral jika dia mampu mengakui tidak mengerti beberapa atau banyak perkara.

*END*




119 comments:

  1. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Metafisik diperlukan oleh manusia untuk membuka wawasan mereka dan tidak hanya fokus pada satu perhatian saja. Namun jika sudah merasa tahu segala hal diluat objek yang kita lihat atau pahami, jangan sekali-kali takabbur akan hal itu, karena sesungguhnya itulah godaan dari syaitan yang membuat diri kita selalu merasa bangga tanpa bersyukur atas nikmat yang diberikan Alloh.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  2. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari dialog ini pemahaman yang kami dapatkan adalah mengenai metafisik, selama ini pemahaman kami tentang metafisik itu identik dengan mistik. Ternyata yang dimaksud metafisik adalah sesuatu yang ada di balik fisik. Mencari ilmu adalah mencari sesuatu dibalik sesuatu. Mencari maksud dari sesuatu, lalu mencari maksudnya maksud dari seseuatu, dst yang artinya mencari ilmu itu terus tanpa akhir.

    ReplyDelete
  3. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Ulasan ini memberikan pemahaman yang lebih luas terkait dengan metafisik. Saya dapat menyimpulkan metafisik itu sendiri sebagai sesuatu yang dapat dirasakan, dilihat, didengar sesuai dengan kenyataannya dan hal-hal yang mungkin ada di luarnya. Saya juga menjadi tahu bahwa sebenar-benarnya godaan syaithon adalah godaan metafisik. Sebagaimana telah tercantum pula dalam ulasan di atas bahwa perlunya kesadaran untuk dapat mengakui bahwa sebenarnya diri kita tidak tahu akan semua atau beberapa perkara yang ada dalam hidup. Sejauh ini saya pribadi masih berusaha untuk terus melatih dan menanamkan kesadaran bahwa saya memiliki pengetahuan dan kemampuan yang terbatas dan tidak dapat mengetahui segala hal.

    ReplyDelete
  4. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    "Mengerti banyak maksud dari maksud maksud, mengerti banyak maksud dari perbuatan, mengerti banyak maksud dari tulisan, ucapan dan kenyataan itulah yang dimaksud orang berilmu. Maka sebenar benar ilmu itu adalah metafisik"

    Metafisik, benar-benar sangat dalam menurutku. Mengerti banyak maksut dari maksut. Semacam tamparan. Betapa angkuhnya diri ini. Seringkali kita secepat kilat mengambil kesimpulan pada suatu hal yang hanya baru kita lihat. Baru kita lihat loh. Ternyata itu tidak adil. Karena semua yang ada di dunia ini memiliki unsur metafisik. Postingan ini mengajarkan kepada diri ini untuk senatiasa berhati-hati dalam menyusun pendapat, berhati-hati dalam menilai dan menyimpulkan. Maka kita yang angkuh, yang merasa berkuasa menjatuhkan pemilaian pada suatu hal hanya berdasarkan kelihatannya saja adalah mereka yang sedang terkena godaan metafisik syaiton.

    ReplyDelete
  5. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb. Ketika melukiskan keadaan suatu benda, mungkin benar menurut pikiran dan penglihatan kita, Tetapi belum tentu benar menurut orang lain.Seperti daun, daun itu bisa terlihat karena mempunyai warna.Yang ingin saya tanyakan, bagaimaa caranya melihat wujud atau subtansi suatu benda menurut filsafat?Mohon penjelasannya bapak.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  6. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Metafisik adalah disebaliknya yang kita lihat atau kita dengar. Metafisik itu bisa banyak atau tidak tunggal. Metafisik lebih pada yang tersirat dari suatu objek. Secara metafisik, manusia tidak hanya dituntut untuk memahami suatu masalah atau perkara, melainkan banyak hal yang bisa digali dibalik perkara tersebut.

    ReplyDelete
  7. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Dari tulisan diatas, saya sedikit banyak memahami apa itu metafisik. Metafisik adalah sesuatu yang berada dibalik yang dilihat atau yang didengar, bisa juga dikatakan sebagai sesuatu yang berada dibalik kenyataan. Mengerti maksud dari sesuatu, mengerti maksud dari maksud, mengerti banyak maksud dari maksud maksud hingga akhirnya yang sebenar-benar ilmu itu adalah metafisik. Namun yang perlu diingat bahwa jika sudah merasa banyak mengetahui akan sesuatu sebenarnya ia sudah tergoda metafisiknya syaiton. Maka janganlah sekali-kali takabbur akan ilmu yang telah dimiliki karena seperti yang Bapak katakan bahwa sebenar-benar manusia bermoral adalah jika ia mampu mengakui tidak mengerti beberapa atau banyak perkara.

    ReplyDelete
  8. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas sharingnya, Pak. Saya akhirnya memahami bahwa metafisik adalah semua hal selain fisik. Semua hal selain yang nampak. Artinya kita harus menilai segala sesuatu tidak hanya dari fisiknya atau dari yang tertangkap panca indera kita saja, karena benda itu memiliki banyak aspek atau sisi lain. Begitupun dalam menuntut ilmu, selayaknya kita tidak berhenti ketika mengetahui satu hal, melainkan terus belajar dari berbagai aspek dari hal itu.

    ReplyDelete
  9. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    Terimakasih prof, postingan ini memberikan pemahaman baru kepada saya apa itu metafisik. Metafisik mengajarkan kita untuk mencari tahu dibalik apa yang kita lihat, melihat dibalik apa yang ada, dan menemukan apa yang mungkin ada. Pemahaman metafisik menunjukkan bagaimana posisi seseorang terhadap ilmunya, apakah berhenti pada apa yang terlihat saja atau mencari dibalik itu semua.

    ReplyDelete
  10. Junianto
    17709251065
    PM C

    Sedikit yang saya pahami dari artikel ini bahwa metafisik bisa membuka pengetahuan manusia. Dengan metafisik manusia bisa melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang. Seperti halnya warna daun tersebut. Bisa jadi sesuatu yang salah bisa menjadi benar jika dilihat dari sudut pandang yang lain. Karena sebenarnya pikiran, pendapat, dan kebenaran manusia itu bersifat relative. Yang mutlak benar hanyalah Tuhan YME, yang menjadi landasan dan tolok ukur kebenaran di dunia.

    ReplyDelete
  11. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Berdasarkan uraian diatas metafisik, meta itu maksud di sebaliknya yang engkau lihat atau dengar.Yang saya pahami metafisik adalah sesuatu yang diluar pandangan secara lahiriah. Dalam kehidupan manusia, gangguan yang disebabkan karena gangguan syaitan disebut gangguan metafisik. Tidak dapat dilihat dengan kasatmata, tapi dapat dirasakan secara jelas oleh jiwa.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  12. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Metafisik merupakan sesuatu yang kasat mata bagi manusia pada umumnya. Salah satu metafisik yang berbahaya adalah hawa nafsu. Hawa nafsu sangat susah di kontrol tanpa adanya iman yang kuat dan keteguhan hati untuk tidak melanggar segala yang diperintahkan oleh allah swt. Makhluk matafisik seperti iblis dan syaitan yang menjadi sasaran utama untuk menggoda manusia yaitu hawa nafsu seperti yang pernah dilakukan terhadap nabi Adam dan Hawa. Maka dari itu perkuat ibadah sholat karena sesungguhnya sholat itu mencegah perbuatan fahsya dan Munkar.

    ReplyDelete
  13. Vidiya Rachmawati
    17709251019

    Menurut pemahaman saya terkait artikel di atas, metafisik merupakan sisi lain dari benda. Lebih lanjut lagi metafisik merupakan sifat yang tidak tampak pada benda itu. Jika seringkali kita melihat benda dari kenampakan sifatnya, maka kita belum memahami metafisik. Bahwa sesungguhnya sifat benda adalah sifat yang tidak terlihat pada benda itu. Bisa jadi sifat di baliknya, di samping kanannya, di samping kirinya. Namun, bukan sifat yang nampak dari pandangan kita.

    ReplyDelete
  14. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Jika saya perhatikan dari dialog-dialog terakhir, sebenar-benarnya ilmu itu adalah metafisik, sehingga orang yang berilmu adalah orang yang mengerti maksud dari perkataan, maksud dari tindakan, maksud dari pilihan dan hal-hal lain yang tidak didefinisikan secara tersurat seperti pemahaman kita bahwa orang yang cerdas adalah orang yang bisa memposisikan diri sesuai ruang dan waktu. Dan orang yang mudah tersesat dengan godaan syaiton adalah orang yang tidak berilmu, yaitu orang yang tidak tahu maksud dari tindakan yang dilakukan.

    ReplyDelete
  15. Riandika Ratnasari
    17709251043
    Pascasarjana Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Metafisik merupakan suatu hal yang tidak sesuai penglihatan kita. Sifat manusia merupakan metafisik dari dirinya. Hal ini disebabkan, orang belum tentu bisa menilai sikap orang yang satu dengan orang yang lain. Di dalam kehidupan ini pengalaman merupakan suatu hal yang penting, sebab jika kita memutuskan suatu hal dibutuhkan pengalaman agar kita tidak menyesal dengan keputusan yang kita ambil. Terimakasih Bapak Marsigit.

    ReplyDelete
  16. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Metafisik memiliki arti yang lebih dari pemahaman saya sebelumnya. Metafisik itu selain yang ada. Dengan contoh warna daun yang bisa selain hijau, memberikan penjelasan yang lebih dalam mengenai metafisik. Tetapi ternyata penyakit hidup manusia ialah manakala dia sudah tergoda metafisiknya syaiton, yaitu merasa mengerti banyak perkara. Karena dengan banyak mengerti kebanyakan orang akan jatuh ke lubang (salah pemahaman)

    ReplyDelete
  17. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Metafisik merupakan bagian dari setiap benda fisik, dengan Metafisik benda fisik lebih mudah dipahami, digambarkan, dijelaskan dan dilustrasikan. Dan kegiatan memahami, menggambarkan, menjelaskan, dan mengilustrasikan merupakan Metafisik dari tubuh manusia. Jadi sejati benda fisik tidak bisa dipisahkan dari metafisiknya begitupun sebaliknya tidak akan ada metafisik tanpa adanya benda fisik.

    ReplyDelete
  18. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    S2 PEP Kelas B 2017

    seperti yang dikatakan oleh Semar bahwa tujuan dari mempelajari ilmu metafisika adalah untuk dapat mengerti banyak maksud dari maksud maksud, mengerti banyak maksud dari perbuatan, mengerti banyak maksud dari tulisan, ucapan dan kenyataan itulah yang dimaksud orang berilmu. Maka sebenar benar ilmu itu adalah metafisik. Walaupun setan bentunya metafisika, justru karena kita paham tentang metafisika maka kita dapat menyimpulkan bahwa setan wujudnya metafisik. Metafisik adalah soal persepktif.

    ReplyDelete
  19. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Sebenar benar godaan syaitan kepada manusia adalah godaan metafisik, yaitu menggoda manusia dengan ketidak tahuan manusia sendiri. Maka penyakit hidup manusia ialah manakala dia sudah tergoda metafisiknya syaiton, yaitu merasa mengerti banyak perkara.
    kalimat tersebut menjadi warning bagi manusia, apalagi mahasiswa yang terkadang karena statusnya sebagai mahasiswa ia merasa sebagai pihak yang paling mengerti, sehingga menolak kebenaran dari orang lain. semoga Allah senantiasa menjaga kita dan memberikan keberkahan dari ilmu yang kita pelajari

    ReplyDelete
  20. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Metafisik adalah apa yang ada disebaliknya yang terlihat. Misalkan ketika kita melihat suatu arang yang berwarna hitam, sejatinya arang itu tidak berwarna hitam. Tapi warnanya selain hitam. Jadi warna adalah pantulan sinar selain warna itu , selain yang di pikirkan. Tidak hanya yang sebaliknya dilihat saja tetapi sebaliknya yang terdengar juga. Dari belajar metafisik ini menyadarkan kita akan pentingnya berilmu terlebih dahulu. Karena metafisik itu bergantung dengan ilmu. Hikmah lainnya yaitu kita haruslah berpikir luwes akan sesuatu karena apa yang terlihat belum tentu sesuai dengn yang terlihat itu.

    ReplyDelete
  21. Devi Nofriyanti
    17709251041
    Pps UNY P.Mat B 2017

    Metafisik atau metafisika merupakan ilmu yang berhubungan dengan hal-hal yang nonfisik atau tidak keliatan. Dari tulisan bapak ini saya jadi mengetahui bahwa di dunia banyak hal-hal yang sebenarnya belum tentu benar namun kita anggap sebagai suatu kebenaran, contohnya saja dari warna-warna benda yang kita lihat metafisiknya tidak sama dengan warna yang kita lihat. saya mengutip kembali tulisan bapak yang menjadi pelajaran untuk saya "Mengerti banyak maksud dari maksud maksud, mengerti banyak maksud dari perbuatan, mengerti banyak maksud dari tulisan, ucapan dan kenyataan itulah yang dimaksud orang berilmu. Maka sebenar benar ilmu itu adalah metafisik"

    ReplyDelete
  22. Setiap hal di dunia ini mempunyai metafisiknya masing-masing. Namun saat manusia dari merasa “ketidaktahuan” ingin menjadi “tahu” disanalah godaan syaitan kepada manusia yaitu godaaan metafisik dimulai. Jika manusia sudah berfikir bahwa dirinya sudah mengerti banyak hal, maka berhasil lah syaitan.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  23. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Terima kasih bapak, dengan membaca tulisan di atas membuka wawasan kami tentang makna metafisik yang sejauh ini kami ketahui merupakan hal yang berkaitan dengan mistis dan ghoib. Berdasarkan tulisan di atas bahwa metafisik tidak terbatas dengan hal yang mistis dan ghoib namun, berbicara tentabg hakikat makhluk hidup ataupun benda yang ada di dunia semuanya memiliki metafisik yang disini berdasarkan tulisan diatas saya pahami sebagai hubungan domain dan bayangan dari suatu fungsi, daun sebagai fungsi , warna lampu sebagai domain dan tangakapan cahaya akan warna daun dadalah kodomain jadi jika boleh disimpulkan bahwa hakikat segala sesuatu sesuatu tergantung pada hal yang mendasarinya. terima kasih

    ReplyDelete
  24. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    menyoal tentang metafisik, hal ini sama artinya dengan kita dapat menentukan yang baik dan yang buruk karena eksistensi negasinya. kita tahu bahwa seseorang itu cantik karena ita telah mendefinisikan jelek dalam pikiran kita, sehingga saat kita menjumpai objek dengan karakteristik yang berbeda, kita akan memberi label bahwa itulah negasinya. kita dapat mengetahui bahwa sesuatu terlihat berwarna merah karena kita telah mendefinisikan warna selain warna merah. Pertanyaan selanjutnya, apakah benar kegelisahan dan pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan? Terima kasih

    ReplyDelete
  25. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Mengulas postingan di atas, sebenarnya Prof Marsigit telah menerangkannya di kelas sebelumnya. Hal ini berawal dari keresahan dan bebrapa potong kesalahan yang kami lakukan, lantas prof Marsigit bertanya mengenai warna hpnya. Serempak kami menjawab warnanya hitam, karena bertepatan pada saat itu beliau menggunakan flipcase hitam, lantas kami langsung diralat bahwa kami belum mengetahui makna metafisik yang telah beliau ulas di blognya. Terima kasih Prof atas ilmu dan pengetahuannya.

    ReplyDelete
  26. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPS PM A

    Berdasarkan penjelasan Bapak pada mata kuliah filsafat ilmu di kelas sebelumnya, Bapak menerangkan tentang metafisik seperti pada postingan ini. Bagi orang awam, warna adalah apa yang dilihat langsung oleh mata. Dan yang kita pikirkan adalah apa yang kita lihat. Sementara yang kita lihat itu berbeda dengan apa yang dimiliki oleh suatu objek tertentu. Karena yang dimiliki objek terserap di dalam objek tersebut. Jadi objek menyerap semua warna kecuali warna tertentu yang tidak dapat diserapnya, sehingga warna yang tidak dapat diserap tersebut dipantulkan kepada orang yang melihatnya tadi. Jadi jika kita tidak memahami metafisik secara mendalam, maka kita masih berpikiran sebagai orang awam yang menyatakan sesuatu berdasarkan apa yag kita lihat saja. Sementara filsafat mengajarkan kita bahwa untuk memandang semua dari segala yang ada yang mungkin ada sesuai ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  27. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah.
    Terimakasih prof. Marsigit, karena postingan kali ini dapat menambah pengetahuan dan pemahaman saya mengenai metafisik. Yang pernah saya dengar metafisik adalah salah satu cabang ilmu filsafat mengenai penyebab segala sesuatu hingga hal tertentu menjadi ada. Namun, dari bacaan di atas saya menangkap metafisik adalah selain dirimu, sehingga jika selain diriku bisa saja orang-orang disekitarku, perbuatanku, ucapanku, pandangan ku, pikiranku. Apa yang menjadi diriku dan metafisiknya belum tentu sama. Contoh yang tepat tentang warna daun membuat saya semakin paham, meski saya melihat warna daun itu hijau namun secara metafisik malah bukan hijau. Ya, benar karena warna hijau lah yang terbentuk dan tergambar dalam mata kita atas pantulan cahaya matahari. Saya juga setuju bahwa sebenar-benar godaan syaitan pada manusia, adalah godaan metafisik dimana manusia dengan ketidaktahuan atas godaan itu sendiri. Sehingga sebaik-baik manusia adalah manusia yang mengerti, menyadari, memahami, dan mengakui jika dia itu tidak tahu dan tidak mampu menjadi sempurna dengan segala perkara sampai kapanpun.

    ReplyDelete
  28. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Metafisika mengajarkan cara berfikir yang serius, terutama dalam menjawab problem yang bersifat enigmatif (teka-teki), sehingga melahirkan sikap dan rasa ingin tahu yang mendalam. Perdebatan dalam metafisika melahirkan berbagai aliran, mainstream seperti : Monisme, Dualisme, Pluralisme, sehingga memicu proses ramifikasi, berupa lahirnya percabangan ilmu. keberadaan metafisika dalam ilmu pengetahuan memberikan banyak wawasan bagaimana metafisika merupakan hal substantive dalam menelaah lebih jauh konsep keilmuan dalam menunjang kejayaan manusia dalam berfikir dan menganalisis.

    ReplyDelete
  29. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.

    Terima kasih Bapak atas postingan dan penjelasannya serta ilmunya. Metafisik merupakan sesuatu yang baru saya kenal dan ketahui. Setelah membaca postingan ini, saya menyadari bahwa cara pandang yang saya gunakan masih keliru karena hanya berdasar pada apa yang dilihat atau didengarkan saja. Karena sesungguhnya masih ada metafisik yaitu berpikiran yang berbeda dengan apa yang hanya dilihat dan didengarkan namun hasil pikiran tersebut berdasarkan atau bisa dibuktikan dengan ilmu, pengetahuan, dan pengetahuan yang telah dimiliki. Metafisik sangat penting dalam kehidupan karena dengan metafisik kita dapat mengetahui tujuan atau maksud segala yang terjadi dalam kehidupannya. Sekian dan terima kasih.

    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  30. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Saya mempelajari dari postingan "Metafisik" ini yaitu pandangan seseorang mengenai sesuatu itu sesuai dengan ilmu yang dia miliki. Seseorang yang berilmu mengerti banyak hal, namun dia menyadari bahwa ilmu yang dia miliki itu pasti ada orang lain yang memiliki ilmu yang lebih sehingga merasa perlu banyak belajar.

    ReplyDelete
  31. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wrb

    Berdasarkan postingan bapak di atas, saya menarik kesimpulan bahwa apa yang sebenarnya ditangkap oleh mata pada dasarnya bukanlah hal tersebut, melainkan ada hal dibalik apa yang kita lihat. Seperti telah dicontohkan di atas, metafisika itu ada namun tidak ada. Ia ada karena terkandung secara universal dalam suatu hal namun tidak terlihat jelas dalam hal itu. Ia mempertanyakan hal yang tak biasa.

    ReplyDelete
  32. Gamarina Isti Ratnasari
    Pendidikan Matematika Kelas B (Pasca)
    17709251036


    Metafisika dapat diartikan sebagai cabang filsafat yang berkaitan dengan proses analitis atas hakikat fundamental mengenai keberadaan dan realitas yang menyertainya. Semua hal memiliki metafisiknya masing-masing seperti pikiran, perasaan, ibadah, doa, keyakinan, maksud, tujuan, ucapan, tulisan. Refleksinya dari blog ini adalah godaan terbesar manusia adalah godaan metafisik aitu menggoda manusia dengan ketidak tahuan manusia sendiri. Oleh karena itu landasan agama dan karakter dapat digunakan manusia untuk menjauhi godaan metafisik agar manusia menjadi pribadi yang lebih baik dan terhindar dari perbuatan negative yang dapat merugikan diri sendiri, orang lain dan linkunganya

    ReplyDelete
  33. Semoga kita terhindar dari godaan syaitan. Semoga semakin banyak kita mengetahui sesuatu, semakin kita merasa rendah hati, selalu merasa bahwa ilmu yang didapat mungkin tidak lebih paham dari orang lain. Semoga kita tidak merasa “sombong” atas apa yang telah kita ketahui.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  34. Tidak setiap hal yang kita sudah merasa bahwa hal/perkara itu benar sesuai dengan pendapat kita, bisa jadi menurut sisi pandangan orang lain apa yang kita yakini benar kenyataannya belum tentu benar di mata orang lain. Sebagai manusia yang beradab, semoga kita tidak meremehkan pendapat tentang pengetahuan orang lain.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  35. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Metafisik adalah sesuatu selain dirimu (yang mungkin ada pada dirimu). Dari yang saya baca diatas, metafisik adalah segala sesuatu dibalik apa yang kau lihat dan kau dengar. Pemahaman kita terhadap sesuatu tersebut tergantung ilmu pengetahuan yang kita miliki. Bisa saja kita menganggap sesuatu itu mutlak adalah A, setelah dilihat dari sudut pandang yang berbeda ternyata sesuatu itu bisa dilihat menjadi B, C, D, atau E walaupun indentitasnya tetap sebagai A. Metafisik membantu kita melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda karena segala sesuatu itu bersifat plural, kecuali aturan Tuhan. Maka, sebaiknya kita harus senantiasa memperbanyak pengetahuan kita, memperluas wawasan kita, sehingga segala sesuatu yang belum kita ketahui sekarang mungkin dapat kita pahami (dengan sangat baik) di masa depan.

    ReplyDelete
  36. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Seperti kalau ada sebuah titik hitam ditengah-tengah kertas putih, kita biasanya akan fokus ke titik hitam itu bukan pada warna putih pada kertas putih. Kadang kita hanya memandang suatu hal pada satu sudut pandang saja, padahal ada sudut pandang-sudut pandang lain yang lebih luas. Metafisik dari titik hitam adalah warna putih pada kertas putih.

    ReplyDelete
  37. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Metafisik adalah apa yang sebenarnya ada di balik yang nampak, yang dapat kita lihat yang dapat kita dengar. Setiap benda memiliki metafisiknya masing-masing. Ada banyak sifat dibalik apa yang nampak tersebut, untuk dapat memahaminya dibutuhkan ilmu. Maka dari itu dalam memandang suatu hal yang sama, setiap orang dapat memahaminya berbeda-beda. Hal ini karena ilmu dan pendekatan yang digunakan berbeda, bisa jadi karena tingkat ilmu yang berbeda.

    ReplyDelete
  38. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    metafisika umumnya berporos pada pertanyaan mendasar mengenai keberadaan dan sifat-sifat yang meliputi realitas yang dikaji. Terima kasih Prof, dari artikel ini saya bisa lebih menambah pengetahuan saya mengenai metafisik

    ReplyDelete
  39. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Yang saya refleksikan dari konsep metafisik yang dikemukakan di atas adalah apa yang kita lihat tak selamanya harus kita percaya. Warna yang kita lihat pada daun adalah pantulan sinar. Seperti itu jugalah semua yang kita lihat dalam dunia ini. Perilaku seseorang yang tak menyenangkan bisa jadi merupakan pantulan dari sikap kita pula yang kurang menyenangkan. Kenyataan seseorang yang seperti ini atau seperti itu juga merupakan pantulan dari pilihan yang telah ia ambil.
    Postingan ini mengingatkan untuk melihat sesuatu tak hanya dari perspektif kita sendiri, karena semua orang mempunyai metafisiknya masing-masing dan itu adalah tanggung jawab masing-masing pribadi.

    ReplyDelete
  40. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Seringkali kita hanya melihat apa yang ingin kita lihat, mendengar apa yang ingin kita dengar, dan mempercayai apa yang ingin kita percayai. Ketika kita sudah memiliki perasaan bias terhadap sesuatu, kita kerap mengabaikan hal lain hanya karena berlawanan dengan bias kita. Kita menolak untuk mengakui bahwa banyak hal lain yang sebenarnya berada di depan mata kita, namun tidak terlihat hanya karena kita tidak ingin melihatnya. Begitu juga orang lain yang mungkin saja tidak ingin melihat apa yang ingin kita lihat.

    ReplyDelete
  41. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih pak, berdasarkan tulisan di atas dan apa yang pernah bapak jelaskan di kelas, yang saya pahami tentang metafisik, metafisik adalah sesuatu di sebalik penampakan (fisik) yaitu segala sesuatu selain dari apa yang terlihat. Jadi, maksudnya untuk menilai sesuatu itu tidaklah hanya dari apa yang tampak oleh indera kita karena sebenarnya apa yang terlihat/tampak itu berbeda dari apa yang dimiliki oleh sesuatu tersebut, seperti yang pernah bapak jelaskan bahwa seseorang yang dikatakan menguasai ilmu itu apabila ia menguasai ilmu dengan menggunakan ilmu yaitu ilmu yang berilmu, metafisik.

    ReplyDelete
  42. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Artikel ini mengingatkan saya untuk tidak segera membuat penilaian untuk suatu peristiwa atau sesuatu yang nampak di depan mata. Mengingatkan untuk tidak segera membuat interpretasi terhadap ada yang terjadi, melainkan perlu melihat dari berbagai pandangan, karena ada sedemikian banyak kemungkinan di balik suatu peristiwa atau keadaan yang saat ini kita lihat.

    ReplyDelete
  43. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Metafisik, dari ulasan ini metafisik itu kemampuan untuk memahami sebuah maksud dari sesuatu diluar jangkauan penglihatan dan pikiran. Kita memerlukan metafisik untuk memperluas wawasan kita mengenai sesuatu, dengan begitu kita dapat memahami lebih banyak hal. Namun, kita harus berhati-hati jangan sampai pemahaman kita yang luas dan mengetahui banyak hal menjadikan diri kita sombong dan lupa akan kekuasaan tuhan. Terimaksih.

    ReplyDelete
  44. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    terimakasih pak atas ilmu yang ada pada postingan "Metafisik" ini. Saya jadi tau bahwasannya apa yang terlihat belum tentu seperti kelihatannya. Maka jangan menjudge sesuatu hanya garagara luarnya saja. Toh buktinya warna hijau didaun blm tentu warna hijau warna nya adalah selain hijau.

    ReplyDelete
  45. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Metafisik ialah memahami maksud selain dari apa yang dilihat dan apa yang di dengar. Contohnya seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa warna tas yang tampak mata berwarna hitam sebenarnya warna aslinya ialah selain hitam, warna hitam yang kita lihat merupakan warna yang tidak dapat diserap sehingga warna hitamlah yang terlihat oleh mata kita. Begitu juga dalam hidup ini, kita harus pandai melihat maksud dari apa yang kita lihat dan apa yang kita dengar. Kita tidak boleh hanya melihat tampak luarnya saja. Tampak luarnya seperti sulit sekali, tetapi pasti ada maksud yang baik bagi diri kita terhadap kesulitan tersebut. Seperti yang sering kita dengar, bahwa semua pasti ada hikmahnya.

    ReplyDelete
  46. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Metafisik mengajarkan kita tentang bagaimana menilai suatu masalah. Seperti saat memberi contoh bahwa warna daun itu bukan hijau, karena warna yang diserap oleh daun itu adalah semua warna selain warna hijau yang dipantulkan ke penglihatan kita, sehingga kita berfikir bahwa daun itu hijau.dalam artikel lain yang berjudul Ujian keikhlasan terdapat karakter yang bernama togog, metafisik dari tigok sendiri adalah keikhlasan, bukan karena Togok adalah karakter yang memiliki sifat ikhlas tetapi karena togok yang tidak menerima bahwa dia diturunkan dari keadaan dosa sehingga dia menyebarkan dosa kepada sekitarnya.

    ReplyDelete
  47. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Metafisik membantu kita untuk memahami bahwa suatu perbuatan memiliki banyak maksud, bahwa suatu tulisan memiliki banyak makna, bahwa segala hal tidak hanya memiliki satu maksud. Tetapi sebagai manusia kita juga harus berhati-hati dengan metafisik syaitonyang membuat kita telah memahami segala hal. Karena sebenar-benar manusia hanyalah setitik debu ditengah lautan ilmu. Semakin kita belajar seharusnya semakin kita memahami bahwa apa yang kita pelajari hanyalah debu dari banyak hal yang belum kita pahami. Karena itulah kita harus mengakui bahwa banyak hal yang belum kita mengerti sehingga kita harus senantiasa belajar dan belajar.

    ReplyDelete
  48. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Metafisik adalah dibalik fisik. Metafisik tidak dapat dilihat dan rasakan dengan indra biasa manusia. Manusia diberi hati, fikiran dan indera. Untuk melihat metafisik dari sesuatu manusia harus menggunakan indera, fikiran dan hati. Untuk menggunakan ketiga potensi tersebut tidaklah mudah, harus diasah terus menerus hingga terjadinya kepekaan yang luar biasa. Kepekaan ini sangatlah sulit diperoleh dan banyak sekali penghalangnya. Penghalang yang paling slit bagi manusia adalah nafsu, untuk menguasai nafs kita butuh keikhlasan. Keikhlasan adalah melandaskan diri pada agama. Semoga kita selalu diberi hidayah dari Allah SWT.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  49. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr. wb.
    Metafisik adalah cabang ilmu filsafat yang melihat secara sesuatu dibalik sebuah fisik. Maksud dari melihat sesuatu yang berada dibalik fisik, adalah sesuatu yang berada dibalik yang bisa dilihat atau didengar, bisa juga dikatakan melihat sesuatu yang berada atau dibalik kenyataan. Mengerti dari maksud dari sebuah maksud, mengerti banyak maksud dari maksud-maksud yang banyak. Metafisik diperlukan oleh manusia untuk membuka wawasan dan pikiran sehingga bisa melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang. Sehingga orang yang mengetahui metafisik maka orang tersebut mempunyai ilmu. Jika seseorang mempunyai ilmu, maka ia akan tahu membedakan mana metafisik yang baik dan buruk, karena yang baik akan mendekatkan orang dengan Allah, akan tetapi yang buruk atau berbahaya akan mendekatkan kita dengan syetan, karena godaan metafisik yang berbahaya adalah godaan syetan.

    ReplyDelete
  50. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Metafisik adalah semua yang ada dalam suatu objek, kecuali yang dapat dilihat dan didengar oleh panca indera. Contohnya panca indera kita menangkap bahwa daun berwarna hijau, maka metafisik daun ialah selain warna hijau. Karena hijau yang kita lihat adalah warna yang dipantulkan ke mata kita, sedangkan warna-warna lain selain hijau diserap oleh daun sehingga tidak nampak oleh penglihatan kita.
    Setiap yang ada di dunia memiliki metafisik, baik itu manusia, hewan, tumbuhan, maupun benda mati. Metafisik suatu objek tidak hanya satu macam saja. Contohnya seekor ayam jago warnanya merah, maka metafisiknya ayam jago itu adalah warna selain merah. Kemudian pagi-pagi ayam jago itu berbunyi kukuruyuk, maka metafisiknya ayam jago itu selain suara kukuruyuk. Ilmu pun merupakan sebuah metafisik, maka senbenar-benar seorang sedang berilmu ialah ketika ia merasa tidak memiliki atau mengetahui apa-apa tentang ilmu tersebut.

    ReplyDelete
  51. Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    Metafisik mengingatkan saya kepada kisah pada novel berjudul R
    Manusia biasanya hanya mengukur berdasarkan apa yang mereka liat, dengar dan ketahui
    Namun mereka sering lalai bahwa ada banyak hal yang belum diketahui dan menjadikan diri mengaku berilmu
    Padahal yang ia miliki ilmu itu mungkin hanya seperkian persen dari ilmu orang lain yang tidak dia ketahui

    ReplyDelete
  52. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Setelah membaca metafisik, ternyata metafisik merupakan hal yang penting dalam kehidupan seseorang. Metafisik justru dapat menentukan kualitas diri seseorang. Meskipun metafisik itu tidak dapat terlihat oleh mata tetapi metafisik seseorang harus selalu ditingkatkan kualitasnya, karena sebenar-benar metafisik adalah ilmu. Selain itu dalam hidup ini juga harus selalu berpegang teguh pada spiritual agar tidak mudah dihasut oleh syetan.

    ReplyDelete
  53. Eka Luthfiana Lathifah
    177092510062
    PPs P.Mat C

    Metafisisk berlawanan dengan fisik. Metafisik merupakan kebalikan dari yang kita lihat (sesuatu yang tidak terlihat). Menurut metafisik, apa yang kita lihat itu salah, yang benar adalah semua yang tidak terlihat oleh gita. Gunanya metafisik adalah untuk mengetahui sesuatu dari segala sisi.

    ReplyDelete
  54. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Sesuatu yang dipandang dengan pemikiran dan penglihatan menghasilkan hal yang berbeda apabila dipandang dengan secara metafisiknya. Prinsip dari metafisik yang saya pahami adalah sesuatu yang berkebalikan dari apa yang dilihat atau didengar. Untuk orang awam mungkin ini akan menjadi sesuatu yang membingungkan. Namun dengan ilmu, seseorang dapat berpikir metafisik.

    ReplyDelete
  55. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Astagfirullahaladzim, apakah dengan saya mengakui bahwa saya telah memahmi sesuatu berarti saya sudah tergoda oleh metafisiknya syaitan? Semoga Allah selalu melindungi akal, pikiran, dan hati saya. Amin. Metafisik adalah disebalik yang ada, segala yang ada di dunia ini pasti memiliki metafisik, dari benda yang real sampai dengan perasaan semuanya memiliki metafisik. Sejujurnya saya selalu saja baru bisa memahami bacaan elegi apabila saya sudah membacanya dan juga sudah mendengarkan langsung penjelasan dari Pak Marsigit, saya baru memahami lebih dalam mengenai arti disebalik yang ada setelah membaca elegi ini. Astagfirullah lagi-lagi saya mengakui bahwa saya telah paham, apa ini lagi-algi saya tergoda oleh metafisiknya syaitan?

    ReplyDelete
  56. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Metafisik meliputi konteks yang ada dan yang mungkin ada yang memuat wadah serta isi dari ilmu filsafat itu sendiri. Pada Aksiologi Metaphysical terdapat nilai etik dan estetika. Penilaian baik dan buruk dari perbuatan dan tingkah laku manusia disebut dengan istilah etika. Sedangkan, estetika membahas tentang indah atau tidaknya sesuatu. Sehingga, jika ditinjau dari ilmu filsafat dalam kehidupan manusia akan memiliki norma atau aturan yang diikat oleh banyangan dan kenyataan, seperti pada ilmu matematika terdapat deduksi dan induksi matematis.

    ReplyDelete
  57. Metia Novianti
    17709251021
    P.Mat A S2 2017

    Setiap yang ada dan yang mungkin ada memiliki metafisik. Metafisik itu dibalik yang terlihat, dibalik yang didengar, dibalik yang dirasakan segala sesuatu dibalik yang ada dan yang mungkin ada. Metafisik membuat kita lebih memahami maksud dari sesuatu tidak hanya dari satu sudut pandang saja sehingga membuat kita lebih peka dan teliti. Metafisik menyadarkan kita agar tidak sombong karena sesungguhnya masih banyak hal-hal yang tidak kita ketahui.

    ReplyDelete
  58. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Metafisika membahas mengapa sesuatu yang nyata atau tampak oleh mata menjadi wujud yang ada. Matafisika dianggap sulit karena membutuhkan adanya daya imajinasi yang tinggi dan kecerdasan intelektual tertentu. Ilmu ini mempelajari mengenai sifat manusia yang dikaitkan secara kontekstual dan individual dengan alam sekitarnya bisa juga sebagai Objek sifat dan kenyataan yang ada untuk sebuah tujuan sebab akibat dan peraturan yang ada di alam semesta. Pada intinya ilmu yang mempelajari keberadaan atau realitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Metafisik dipahami sebagai suatu ilmu tentang batas-batas rasionalitas manusia. Metafisik tidak lagi hendak menyibak dan mengupas prinsip mendasar segala yang ada tetapi metafisika hendak pertama-tama menyelidiki manusia (human faculties). Cabang utama metafisika adalah ontologi, studi mengenai kategorisasi benda-benda di alam dan hubungan antara satu dan lainnya. Kant mencoba menjelaskan segala prinsip mendasar dibalik sebuah realitas. Mereka ingin memetahkan realitas orisinil, mutlak dan paling fundamental dibalik semua penampakkan.

      Delete
  59. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Metafisik secara sederhana dapat diartikan dengan disebaliknya fisik. Jadi sesuatu yang berupa sudut yang lain dari sesuatu hal disebut metafisik. Metafisik berguna agar kita mampu memamahami banyak hal tentang sesuatu. Sehingga tidak hanya menoton pada satu titik, ataupun satu sudut pandang. Adapun sebenar-benarnya metafisik adalah ilmu.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  60. Junianto
    PM C
    17709251065

    Metafisik adalah cara manusia melihat segala sesuatu dari sudut pandang lain dan erbeda dari manusia pada umumnya. Sebagai contoh sederhana bahwa orang melihat daun pasti mengatakan berwarna hijau karena ia melihat dengan sudut pandang manusia pada umumnya. Tetapi dengan metafisik maka warna daun itu adalah selain hijau karena warna hijau sebenarnya adalah warna yang dipantulkan daun ke mata kita. Metafisik juga menunjukkan sebuah ilmu agar kita bisa melihat segala sesuatu dengan ilmu.

    ReplyDelete
  61. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Metafisiknya wadah adalah isi, metafisiknya isi adalah wadah. Metafisiknya abstraksi adalah Reduksi. Metafisiknya ideal adalah Absolut. Metafisiknya absolut adalah Kuasa Tuhan. Metafisiknya metafisik adalah Metafisik. Abstraksinya metafisik adalah Epistemologi. idealnya metafisik adalah Metafisik. Apa wadahnya metafisik adalah Epistemologi. Apa isinya metafisik adalah Ada dan mungkin ada. Absolutnya metafisik adalah Kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  62. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Seseorang yang ingin memiliki dan menguasai suatu ilmu, maka hendaknya mengetahui apa yang berada di metafisik ilmu tersebut. jika orang hanya fokus dengan apa yang diinginkannya namun mengabaikan apa yang berada di sekitarnya, maka hal tersebut akan memberikan dampak pada sikap merasa tahu apa yang diketahuinya dan merasa satu-satunya yang memiliki apa yang ingin dimilikinya. Oleh karenanya, memang sukap untuk meihat metafisik dari apa yang kita inginkan itu perlu untuk memperluas pengetahuan atas apa yang ingin kita miliki.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  63. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Sepemahaman saya membaca postingan ini, saya mendapat pelajaran mengenai metafisik. Metafisik mengajarkan kita untuk mencari tahu dibalik apa yang kita lihat, melihat dibalik apa yang ada, dan menemukan apa yang mungkin ada. Pemahaman metafisik menunjukkan bagaimana posisi seseorang terhadap ilmunya, apakah berhenti pada apa yang terlihat saja atau mencari makna dibalik itu semua. Hal ini menuntut kita untuk tidak berpersepsi karena terkadang persepsi seringkali hanya berdasarkan apa yang nampak saja.

    ReplyDelete
  64. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Sesuatu yang tak nampak di pandangan kita, itulah meta fisik. Indra kita ada 5 yang mampu mengetahui apa yang ada di lingkungan kita. Namun ada satu yang kita punya yaitu hati dan pikiran yang mampu merasakan dan melihat hal hal yang sesungguhnya ada di lingkungan kita. Seperti contoh sebuah daun berwarna hijau. Indra kita mengetahui warna daun hijau dan semua orang setuju, namun d balik itu hati kita juga sadar bahwa daun bisa tak berwarna hijau. Daun pun mengakui warna tersebut sehingga dia tak mengakui warna yang lain. Hal ini sama dengan manusia. Bahwa manusia itu hakikatnya tidak satu tapi banyak. Bisa jadi ayah, jadi kakak, jadi pemimpin, jadi guru, jadi petugas dll. Namun kadang mansia tidak menyadari akan posisinya saat itu, dia hanya mengakui salah satu dia menjadi apa.

    ReplyDelete
  65. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    Pmc

    Metafisik dapat diartikan sebagai yang disebaliknya. Maka metafisik adalah tentang mengetahui dibalik suatu hal. Misalnya metafisiknya meja maka kita berusaha untuk melihat meja tidak hanya dari apa yang kita lihat, kita berusaha untuk melihat meja di sebalik meja, bisa kita lihat dari bawah, bisa kita lihat proses pembuatannya, dan seterusnya. Metafisik atau melihat sesuatu disebaliknya bukan merupakan hal yang mudah karena manusia seringkali hanya melihat fisiknya.

    ReplyDelete
  66. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    metafisik itu melihat sesuatu disebaliknya dari apa yang kita lihat sekarnag. seperti halnya kita melihat laut maka pada umumnya orang akan mengatakan bahwa laut berwarna biru. sebenarnya adalah warna pembentuk laut itu selain warna biru. sehingga metafisik itu melihat sesuatu yang ada dalam sebali apa yang lita lihat, sesuatu yang sebenarnya bukan hanya yang kita lihat saja.

    ReplyDelete
  67. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B

    Warna dari benda-benda yang kita lihat, seelain dikarenakan warna yang tidak dimiliki oleh benda itu, tapi juga dipengaruhi oleh kemampuan mata kita untuk menyerap warna. contohnya adalah orang yang buta warna, dia tidak mampu melihat beberapa warna benda yang mampu dilihat orang lain. bahkan diantara 2 orang yang matanya normal (tidak buta warna), bisa terjadi perselisihan tentang warna suatu benda.

    ReplyDelete
  68. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Saya pernah mengalaminya langsung. waktu itu saya memakai blazer warna coklat (menurut mata saya), namun salah satu teman saya bilang kalau warnanya abu-abu. kami berdebat, lalu saya tanyakan kepada teman-teman yang lainnya. ternyata sebagian mengatakan coklat dan sebagian lagi mengatakan abu-abu. jadi warna benda yang kita lihat juga tergantung kemampuan mata kita menyerap warna.

    ReplyDelete
  69. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Metafisik adalah bukti bahwa seseorang tidak berhenti berfikir. Jika kita berfikir bahwa daun itu berwarna hijau, maka selesailah sudah proses berfikir kita tentang daun tersebut. Metafisik adalah makna dibalik sesuatu, baik sesuatu yang kita lihat, kita dengar, kita rasakan. Metafisik adalah bukti proses berfikir sedalam-dalamnya (intensif) dan seluas-luasnya (ekstensif). Metafisik adalah bukti kontinuitas berfikir yang tidak hanya terbatas pada kebenaran-kebenaran umum.

    ReplyDelete
  70. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Metafisik adalah selain yang fisik, atau dibalik yang fisik. Metafisik tidak dapat kita lihat begitu saja, metafisik memerlukan ilmu untuk mengungkapnya. Metafisik bisa jadi adalah pengetahuan bisa jadi yang lain, bisa jadi semua yang ada dan mungkin ada. Metafisik adalah salah satu yang mendasari filsafat, berfikir filsafat berarti berpikir untuk mengungkap metafisik.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  71. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    dengan belajar filsafat saya jadi mnegerti bahwa setiap benda memiliki metafisik. metafisik dapat diartikan sebagai sesuatu yang tidak kelihatan atau sebalik dari yang fisik. walaupun semuanya memiliki metafisik namun sebagai manusia yang memiliki keterbatasan kita hanya mampu mengidentifikasi metafisik hal-hal tertentu saja. tulisan ini mengingatkan kepada kita agar jangan tergoda dengan bujuk rayu syaiton yang menawarkan ilmu metafisik. Sesungguhnya hanya kepada Allah lah kita berserah diri dan memohon petunjuk. dengan mengetahui metafisik kita jadi lebih mengerti banyak hal didunia ini yang kita anggap benar namun belum tentu sebuah kebenaran.

    ReplyDelete
  72. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Metafisik ada segala sesuatu yang dapat kita rasakan dengan panca indra. Dengan memahami metafisik berarti kita mencoba mencapai logos dan memecahkan mitos-mitos philosophy. Metafisik juga mengajarkan kita bahwa didunia bukan terdiri dari alam yang real tetapi juga alah kehidupan yang bersifat abstrak. Sesuatu yang abstrak terkadang penting untuk kita pahami agar kita tetap percaya akan adanya Mahluk-mahluk ciptaan Allah.

    ReplyDelete
  73. Segala perbuatan/tindakan ada maksud yang dapat dipahami jika orang mampu melihat tidak hanya yang tampak dari tindakan itu tetapi juga dari berbagai kemungkinan makna dan tidak terkungkung oleh "pengetahuan"nya sendiri.

    ReplyDelete
  74. M. Zainudin
    16701261019
    PEP
    setiap orang punya sudut pandang yang berbeda tetapi jika dilakukan suatu diskusi akan terbentuk kesepakatan dan penambahan ilmu

    ReplyDelete
  75. Febriana Putri Hutami
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241007
    Metafisik itu adalah suatu kebalikan. Apa yang kita lihat memiliki sesuatu yang ada yang dibaliknya. Apa yang kita lihat memiliki makna dibaliknya. Setia orang memiliki sudut pandang masing-masing tergantung pikiran masing-masing. Karna setiap hal memiliki makna dibaliknya, sebaiknya kita memahami sesuatu tersebut dengan baik. Kadang setiap hal yang terjadi itu memiliki alasan. maka sebaiknya sebagai manusia jangan hanya menilai dari satu pihak saja. Perlu analisis lebih lanjut untuk memahami lebih dalam apa yang terjadi.

    ReplyDelete
  76. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Metafisik merupakan sesuatu yang berada dibalik pandangan kita. Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa warna daun itu bukan hanya hijau. Daun itu bisa berwarna merah, kuning hitam dll tergantung bagaimana kita melihat daun tersebut, dan warna daun hijau merupakan warna yang terlihat oleh mata ketika daun terpapar sinar matahari. Sedangkan warna daun akan berubah ketika semua jendela ditutup lalu diberikan pancaran sinar lampu yang berwarna warni. Sehingga metafisik atau cara pandang seseorang selalu berbeda-beda, tergantung bagaimana orang tersebut mengambil sudut pandangnya. Maka dari itu kita tidak bisa meminta setiap orang untuk selalu mempunyai pendapat yang sama dengan kita dan harus menyadari bahwa baik dimata kita belum tentu baik juga dimata orang lain, begitu juga sebaliknya.

    ReplyDelete
  77. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Dari artikel di atas saya dapat belajar bahwa sebegitu bahayanya jika manusia mandapat godaan metafisiknya, yangmana merasa tahu apa yang mereka tidak tahu. Ini bisa berbahaya karena manusia dapat bertindak melenceng dari yang seharusnya. Maka pendidikan moral yang diperlukan adalah pendidikan agar manusia secara metafisik mampu mengetahui beberapa maksud dibalik perkara. Dan manusia yang bermoral di sini adalah mereka yang mampu mengakui dan menyadari pada perkara apa yang mereka tidak ketahui.

    ReplyDelete
  78. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Metafisik adalah sebaliknya dari apa yang dilihat dan dari apa yang didengar. Contohnya warna daun yang memiliki bermacam-macam warna tergantung darimana mengamati dan susut pandang pengamat dalm melihat warna daun tersebut. Jadi setiap orang tidak sama dalam berpendapat dikarenakan sudut pandang orang yang berbeda-beda. Maka semua pikiran, perasaan, ibadah, doa, keyakinan mempunyai metafisik masing masing dilihat dari mana sudut pandang orang yang mengamati.

    ReplyDelete
  79. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Metafisik dapat diartikan sebagai suatu kebalikan atau cara pandang yang berbeda. Seperti percakapan di atas, ketika melihat daun pasti orang akan mengatakan bahwa warna daun adalah hijau. Tetapi, dengan metafisik warna daun adalah selain warna hijau, karena warna hijau tersebut sebenarnya adalah warna yang dipantulkan daun ke mata kita. Dari sini kita dapat belajar bahwa jika ingin memahami suatu ilmu, maka hendaknya megetahui apa yang berada di metafisik ilmu tersebut agar tidak tercipta sikap merasa tahu terhadap apa yang diketahuinya dan merasa satu-satunya yang memiliki apa yang ingin dimilikinya.

    ReplyDelete
  80. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Orang-orang yang merasa paling benar dan mengerti segala hal maka sesungguhnya dia benar-benar salah. Astaghfirullah, betapa manusia sudah teramat sombong dengan ilmu yang dimilikinya. Bukankah ilmu yang dimiliki manusia sangat amat kecil jika dibandingkan dengan ilmu yang sudah diberikan Allah untuk dipelajari? Lantas mengapa manusia masih banyak yang merasa sudah berilmu tinggi? Semoga Allah melindungi kita dari sifat sombong dan merasa paling benar.

    ReplyDelete
  81. Julialita Muhariani
    15301241004
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Metafisik bisa diartikan sebagai penggambaran fisik sesuatu hal. Dalam hal ini, dapat berbeda-beda tergantung sudut pandangnya. Seperti contoh di atas, warna daun itu tidak hanya hijau, tetapi juga bisa kuning, merah, oranye, ataupun hitam. Daun yg terkena sinar matahari berwarna hijau, sedangkan daun yang berada di ruangan yang gelap berwarna hitam. Dalam menyikapi terjadinya berbagai perbedaan dalam sudut pandang ini, kita harus saling menghargai dan menghormati pendapat orang lain.

    ReplyDelete
  82. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Memahami metafisik itu sama halnya dengan memahami ilmu,ilmu itu tak terbatas dan apa saja,sama halnya dengan metafisik. Ada banyak hal di dunia ini yang dimana untuk melihat sisi keindahan dari hal tersebut harus menggunakan sudut pandang tertentu dan di situlah kita harus peka akan metafisik dari benda tersebut. Inti dan penjelasanya itu sederhana,bahwa apapun yg ada di dunia memiliki suatu keindahan, namun tak semua orang dapat melihatnya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  83. Kritanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika 2015

    Terimakasih pak atas artikel yang sangat bermanfaat.
    Saya tertarik dengan perkataan semar bahwa "sebenar benar godaan syaitan kepada manusia adalah godaan metafisik, yaitu menggoda manusia dengan ketidak tahuan manusia sendiri." Sehingga, saat manusia sudah merasa tau segala hal, sebenarnya dia sudah tergoda oleh metafisiknya syaitan. Sehingga, manusia yang baik, yaitu jika dia mampu mengakui tidak mengerti beberapa atau banyak hal.

    ReplyDelete
  84. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Metafisik itu ilmu, dan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang saya baca metafisik itu ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan hal-hal yang nonfisik atau tidak kelihatan. Contoh nya seperti yang dikatakan oleh semar "Sebenar benar godaan syaitan kepada manusia adalah godaan metafisik, yaitu menggoda manusia dengan ketidak tahuan manusia sendiri. Maka penyakit hidup manusia ialah manakala dia sudah tergoda metafisiknya syaiton, yaitu merasa mengerti banyak perkara." . Jadi godaan-godaan syaiton didunia ini kepada kita (manusia) merupakan suatu metafisik.

    Godaan-godaan yang dilakukan syaiton hanyalah informasi yang tak terlihat kebenarannya. Godaan tersebut membuat kita menyimpang dari aturan yang seharusnya. Kita sebagai umat islam, haruslah banyak-banyak berdoa, membaca Al-Quran, dan menaati segala aturan yang telah dibuat Nya.

    ReplyDelete
  85. Rina Musannadah
    15301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Metafisik dapat diartikan sebagai sesuatu dibalik apa yang bisa kita lihat. Sebenar-benar godaan syaithon adalah godaan metafisik, yaitu menggoda manusia dengan ketidaktahuan manusia itu sendiri. Kadang kala manusia merasa tahu banyak hal, padahal nyatanya masih banyak ketidaktahuan dibalik pengetahuan yang sudah ia miliki. Oleh karena itu diperlukan pendidikan formal agar manusia secara metafisik dapat mengetahui beberapa maksud dalam suatu perkara yang ada. Sehingga manusia tidak hanya melihat dengan satu sudut pandang, namun juga menggunakan sudut pandang yang lain dalam memahami suatu perkara.

    ReplyDelete
  86. Siti Efiana
    15301241029
    S1- Pend.Mat I 2015

    Terima kasih atas artikelnya, Prof. Saya tertarik dengan pernyataan penutup Semar. “Sebenar benar godaan syaitan kepada manusia adalah godaan metafisik, yaitu menggoda manusia dengan ketidak tahuan manusia sendiri. Maka penyakit hidup manusia ialah manakala dia sudah tergoda metafisiknya syaiton, yaitu merasa mengerti banyak perkara. Maka pendidikan moral yang diperlukan adalah pendidikan agar manusia secara metafisik mampu mengetahui beberapa maksud dibalik perkara. Sebenar benar manusia bermoral jika dia mampu mengakui tidak mengerti beberapa atau banyak perkara.” Memang benar, saat ini banyak manusia yang merasa telah mengerti banyak perkara, merasa paling benar, padahal sebenarnya ilmu yang belum diketahui masih banyak. Oleh karena itu, kita tidak boleh berhenti mencari ilmu, agar secara metafisik bisa benar-benar memahami suatu hal dari berbagai sudut pandang.

    ReplyDelete
  87. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena berkat artikel Bapak saya mendapat ilmu yang belum pernah saya pelajari sebelumnya mengenai metafisik. Yang dapat saya simpulkan setelah membaca artikel di atas yaitu "melihat" metafisik suatu benda/hal adalah "melihat" sesuatu dengan sudut pandang yang lain, "melihat" sesuatu secara lebih mendalam, "melihat" sesuatu yang "tidak terlihat".
    Sebagai orang yang berilmu, seharusnya kita bisa seperti padi, semakin berisi semakin merunduk, semakin kita berilmu semakin kita merasa bahwa banyak hal yang tidak kita ketahui. Tetapi sering kali kita mendapat godaan metafisik yaitu "merasa tahu akan ketidaktahuan". Sering kali setelah kita mendapatkan suatu ilmu/pengalaman yang tidak seberapa, kita merasa seperti sudah mengetahui segalanya, padahal yang kita ketahui/alami hanyalah sedikit dari banyak hal yang belum kita ketahui. Oleh karena itu kita harus belajar untuk "melihat" metafisik suatu hal agar kita selalu mendalami hal yang kita pelajari, menghindari sikap "sok tahu" akibat godaan metafisik yang tidak kita sadari.

    ReplyDelete
  88. Puspitarani
    15301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terima kasih Bapak atas artikel yang telah Bapak share kepada kami. Sejujurnya saya juga asih bingung sebenarnya maksud dari metafisik itu seperti apa, namun dari komentar-komentar yang telah saya baca dan membaca ulang tulisan Bapak saya mendapat sedikit pengetahuan mengenai metafisik. Metafisik diartikan sebagai melihat sesuatu yang tidak terlihat, apakah itu hantu? saya rasa tidak. metafisik itu kita dapat melihat kebaikan hati seseorang walau tak terlihat, kita dapat melihat keikhlasan seseorang walaupun keikhlasan itu tak terlihat, kita dapat meilhat kesabaran, perhatian seseorang tanpa orang itu perlihatkan kepada kita. Kita sebagai seorang yang berilu harus dapat melihat sesuatu yang tidak terlihat, seseorang yang berilmu itu diibaratkan sebagai tanaman padi, semakin dia berisi maka dia akan semakin menunduk ke bawah. Artinya semakin banyak ilmu yang didapatkannya dia tidak akan menjadi sombong.

    ReplyDelete
  89. Raudhah Nur Pratiwi (15301244009)
    S1- Pend. Matematika A 2015

    Bismillah,
    Terimakasih atas elegi yang Prof tulis. Selama ini, saya hanya tau bahwa metafisik selalu dikaitkan dengan makhlu gaib. Tapi percakapan Semar dan Gareng di atas (terutama saat Semar dan Gareng membahas metafisik daun) membuat saya sadar arti metafisik secara lebih luas. Sebenar-benarnya godaan syaitan kepada manusia adalah godaan metafisik. Kebanyakan manusia telah merasa mengetahui banyak hal, padahal sebenarnya manusia itu sedang tergoda oleh metafisiknya syaitan. Mengerahui metafisik syaitan memerlukan ilmu. Allah berfirman : “…Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat” [Q.S Al-Mujadalah ayat 11]. Diperlukanpenguatan ilmu agar dapat melihat suatu perkara tidak hanya dari sudut pandang, tetapi dari beberapa sudut pandang sehingga kita dapat mengetahui isi sebenar-benarnya perkara tersebut. Oleh karena itu, sebagai muslim perlu memiliki rasa haus akan ilmu agama, semangat dalam menimba ilmu, serta selalu tetap rendah hati agar dapat terhindar dari godaan metafisik syaitan. Semoga kita semua terhindar dari godaan metafisik syaitan, aamiin

    ReplyDelete
  90. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015


    Metafisik dapat diartikan suatu kebalikan, suatu cara pandang yang berbeda. Godaan metafisik dapat diartikan merasa tahu akan ketidaktahuan. Sebenar-benarnya godaan syaitan kepada manusia adalah godaan metafisik. Banyak manusia yang merasa dia mengetahui banyak hal tetapi sebenarnya masih banyak sekali hal-hal yang tidak mereka ketahui dibalik pengetahuan yang dimilikinya. Sehingga kita tidak boleh sombong, merasa paling benar. Hendaknya kita melihat sesuatu itu tidak hanya dari satu sudut pandang, tetapi dilihat dari berbagai sudut pandang.

    ReplyDelete
  91. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1-Pendidikan Matematika A 2015

    Metafisik adalah memandang dunia luar yang sebenarnya. Seperti contooh tersebut bahwa orang akan berkata bahwa daun berwarna hijau, namun metafisik akan memandang warna daun luar itu. Sebenar-benarnya ilmu adalah metafisik yang berarti bahwa memandang sesuatu dari berbagai sudut pandang, sehingga mengerti banyak maksud dari tulisan, ucapan dan kenyataan.

    ReplyDelete
  92. Lisfiyati Mukarromah
    15301241042
    Pendidikan Matematika A 2015
    Program S1
    “Penyakit hidup manusia adalah manakala dia sudah tergoda metafisiknya syaiton, yaitu merasa mengerti banyak perkara”
    Saya sangat tertarik dengan kalimat tersebut. Kita sebagai manusia seringkali bersikap sombong. Kita merasa diri kita pintar, mengetahui segalanya. Padahal seberapa banyak sih ilmu kita? Sungguh tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Allah Yang Maha Mengetahui. Lantas, mengapa kita masih bisa untuk sombong? Sombong adalah salah satu godaan metafisik dari syaiton. Astaghfirullaahal’adzim,.....
    Semoga kita semua bisa dijauhkan dari sifat sombong,..
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  93. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Melalui postingan ini, saya mendapat pengetahuan dan pemahaman tentang metafisik. Metafisik diartikan sebagai/suatu hal yang ada disebaliknya. Metafisik bukanlah apa yang dapat dilihat, namun apa yang ada dibalik yang terlihat, terdengar, atau pun dirasakan. Metafisik mengajarkan kita untuk mengetahui apa yang ada disebaliknya, tidak hanya melihat apa yang terlihat/tampak saja. Apa yang dilihat oleh kita, bisa jadi berbeda dengan apa yang orang lain lihat ataupun pikirkan. Hal tersebut merupakan metafisik, yang dapat mengakibatkan setiap orang dapat berdebat satu sama lain.
    Ternyata ilmu, pengetahuan, dan teknologi dapat menentukan jenis metafisiknya. Setiap hal/kenyataan apapun yang ada didunia pasti memiliki metafisiknya masing-masing. Sehingga ilmu juga merupakan metafisik.
    Ketidaktahuan manusia yang dapat menggoda manusia menjadi manusia yang merasa sombong dan mengerti banyak perkara merupakan godaan metafisik. Pendidikan moral dapat digunakan untuk mendidik manusia secara metafisik mengetahui beberapa maksud dibalik suatu perkara.

    ReplyDelete
  94. Rina Anggraeni
    15301241043
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Ilmu, pengetahuan dan teknologi yang dimilki seseorang akan menentukan jenis metafisik tentang sesuatu. Godaan metafisik syaiton kepada manusia, yaitu menggoda manusia dengan ketidak tahuan manusia. Maka penyakit hidup manusia ialah saat manusia sudah tergoda metafisiknya syaiton, yaitu merasa mengerti banyak perkara/hal. Maka pendidikan moral yang diperlukan adalah pendidikan agar manusia secara metafisik mampu mengetahui beberapa maksud dibalik suatu perkara. Sebenar-benar manusia bermoral jika dia mampu mengakui tidak mengerti beberapa atau banyak perkara. Jadi, dapat saya simpulkan bahwa manusia yang memilki moral mampu mengakui bahwa dirinya tidak paham tentang suatu, beberapa atau banyak perkara dan dengan adanya metafisik manusia jadi paham tentang perkara yang tadinya tidak dia pahami.

    ReplyDelete
  95. Amayda Ade Pramesti
    15301244012
    S1 Pend.Mat A 2015

    metafisik adalah pandangan yang berbeda. dalam postingan tersebut kita harus melihat sutau hal atau benda dari sudut pandang yang berbeda - beda. menilai seseorang pun harus melihat sudut pandang yang berbeda juga, karena apa yang sebenarnya ditunjukkan kepada dunia luar akan sangat berbeda dengan apa yang sebenarnya terjadi. hal ini akan menjadikan seseorang menjadi paham akan situasi dan kondisi yang sedang dia hadapi dan dapat mencari solusi

    ReplyDelete
  96. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Metafisik dapat diartikan juga sebagai makna tersembunyi dari penampilan fisik suatu benda atau suatu kejadian. Seperti yang kita ketahui setiap benda dan setiap kejadian selalu memiliki makna tersembunyi yang tidak serta merta tampak dalam pandangan pertama. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita tidak langsung menilai sesuatu hanya dari tampak luarnya saja dan lebih mengamati serta mencoba melihat dari sudut pandang yang lain sebelum menilai sesuatu hal.

    ReplyDelete
  97. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Metafisik adalah salah satu aliran ilmu filsafat yang mempelejari tentang penyebab segala sesuatu di dunia ini bisa terjadi. Mempelajari tentang makna di balik suatu benda. Sejujurnya saya juga baru mengerti apa arti kata metafisik itu sendiri, ternyata sangat menarik saat mengetahui tentang makna dari warna daun yang tidak hanya bewarna hijau. Daun bisa memiliki banyak warna sesuai keadaan yang terjadi di sekitarnya sama halnya dengan rasa keingintahuan manusia yang begitu antusias tentang setiap fenomena yang terjadi sekarang ini. Sekali lagi terimakasih pak atas ilmunya yang menarik ini.

    ReplyDelete
  98. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  99. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Metafisik mengisyaratkan bahwa seeing is deceiving. Karna metafisik itu adalah selain dirimu, banyak, tidak tunggal, tetapi itu tetap satu. Untuk memahaminya, perlu kajian yang mendalam. Karna biasanya, kita cenderung melakukan penilaian disaat pertama kali melihat. Seperti yang dipaparkan pada tulisan Bapak, yaitu dengan banyak belajar, tidak merasa tahu ketika tidak tahu.

    ReplyDelete
  100. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018

    Dari percakapan tersebut, saya mengetahui maksud dari metafisik. Metafisik dapat dirasakan pancaindera kita sesuai dengan kenyataan dan keadaan yang diluarnya. Dari percakapan tersebut, kita dapat belajar tentang bagaimana kita bertindak dan berperilaku harus berhati-hati. Seseorang yang sombong menganggap dirinya benar maka seseorang tersebut tidak mengerti perkara dan termasuk golongan yang tidak bermoral.

    ReplyDelete
  101. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Metafisik berarti disebalik yang kita lihat atau dengar. Seperti yang di contohkan dengan warna daun, jika hanya melihat dlm keadaan normal daun berwarna hijau namun dengan menggunakan berbagai cahaya pantulannya menghasilkan berbagai macam warna selain hijau. Mungkin jika dikaitkan dengan kehidupan metafisik bisa diartikan dengan cara pandang kita terhadap sesuatu. Kita harus melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seftika Anggraini
      18709251016
      PPs Pend. Matematika A 2018

      Saya sependapat dengan sdri Elsa bahwa kita harus melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang. Selain melihat dari berbagai sudut pandang, kita juga perlu melihat secara mendalam apa yang terlihat. Maksudnya, kita juga perlu untuk memikirkan apa yang ada dibalik yang terlihat.
      Terima kasih

      Delete
  102. Bayuk Nusantara KR.J.T
    18701261006
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP)


    Manusia kadang kala tergoda metafisik syaiton yaitu merasa mengetahui banyak hal. Ini yang paling sering terjadi. Ketika kita merasa tidak mengetahui maka kita akan mencari tahu akan tetapi jika mkita merasa sudah mengetahui banyak hal, maka, kita merasa hebat dari orang lain, merasa paling benar sehingga akan menghancurkan diri sendiri nantinya.

    ReplyDelete
  103. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    PPS Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Pertama ketika mendengar kata metafisik pasti akan berhubungan dengan mistik, ghaib, dan hal-hal mengenai dunia mahluk halus. Namun ternyata setelah memahami postingan Pak Prof saya menjadi paham bahwa metafisik bukan hanya itu saja tetapi metafisik itu ada dibalik fisik, dibalik kenyataan. Semua kenyataan di dunia ini secara fisik bisa kita lihat dan pikiran pasti memiliki metafisik. Seperti yang telah dijelaskan mengenai godaan metafisik manusia itu berasal dari syaiton yang selalu membuat kita merasa sombong, merasa mengetahui segalanya. Oleh karena itu, kita sebagai objek godaan syaiton harus senantiasa dekat dengan Alloh SWT dan selalu memegang agama sebagai landasan dalam melakukan segala perbuatan serta selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan dari Alloh.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  104. Seftika Anggraini
    18709251016
    PPs Pend. Matematika A 2018

    Mengetahui metafisik dari sesuatu itu sangat diperlukan agar kita mengerti bahwa ada perkara lain dibalik apa yang kita lihat dan kita dengar. Metafisik ditentukan oleh ilmu, pengetahuan, dan teknologi. Untuk itu, kita harus senantiasa mencari ilmu, pengetahuan dan teknologi dimanapun dan kapan pun. Karena belajar tidak tidak dibatasi oleh ruang dan waktu selama Allah masih memberikan umur.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  105. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Pengetahuan metafisik sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena dengan metafisik, manusia tidak akan terjebak dalam satu sudut pandang. Metafisik memberi gambaran kepada manusia untuk memahami suatu hal secara menyeluruh.

    ReplyDelete
  106. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Metafisik berarti memahami makna dibalik suatu perkara. Metafisik adalah semua makna dikurangi dengan apa yang ditangkap panca indera untuk pertama kalinya. Kemampuan metafisik tidak terjadi dengan sendiri harus perlu latihan untuk dapat memahami maksud dari suatu perkara.

    ReplyDelete
  107. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    "Sebenar benar manusia bermoral jika dia mampu mengakui tidak mengerti beberapa atau banyak perkara" Betul sekali Prof. Jika dianalogikan orang yang berilmu akan merasa bahwa dirinya semakin tidak tahu banyak hal, secara fisik sudah merasa tidak tahu banyak hal apalalgi yang metafisik, dia merasa semakin tidak mengetahui apapun. Dan orang yang mampu berfikir dan bersikap seperti itu adalah orang yang sangat bermoral, tidak terkejut, mulus, alim.

    ReplyDelete
  108. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Dari artikel diatas, dapat saya sintesiskan maksud dari metafisik adalah perkara-perkara yang bersifat lebih mendalam dari tampilannya. Misal gunung es, fisiknya adalah puncak gunung es yang terlihat di atas permukaan laut dimana hanya sebagian kecil dari gunung es tersebut, sedangkan metafisiknya adalah sebagian besar es yang teletak di dalam laut yang tidak terlihat, dll.

    ReplyDelete
  109. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika 2018 A
    Assalamualakum Warahmatullah Wabarakatuh
    Mengkaji metafisik memang harus dibekali dengan ilmu, pengetahuan, dan teknologi untuk menentukan jenis metafisiknya seperti yang Prof sampaikan. Karena kita tidak bisa melihat sesuatu hal dari suatu sisi saja yang nampak saja dari penglihatan kita tapi kita perlu mengkaji lebih jauh dari sisi-sisi lain yang lebih mendalam. Metafisik merupakan kajian yang membahas hakikat keberadaan dan realitas yang mengikutinya. Manusia memiliki metafisik dengan alam semesta untuk menjalin hubungan simbiosis mutualisme. Alam menyediakan unsur dan semua yang dibutuhkan manusia, mulai dari makanan, minuman, tempat tinggal, pakaian dan kebutuhan yang lainnya. namun ketika alam sudah rusak manusia juga akan merasakan dampaknya. Metafisik yang harus kita miliki yaitu yang mampu menghasilkan energi positif untuk berjalan sesuai dengan sunnatullah.

    ReplyDelete
  110. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Elegi di atas memberikan saya ilmu mengenai metafisik. Dengan kata lain, metafisik ini merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan hal-hal tak terlihat fisiknya atau mempelajari hal yang tidak terlihat seperti pada kenyataan yang dilihat saai ini. Sumber kemampuan mempelajari metafisik ini meliputi kemampuan mengendalikan hati, jiwa, akal pikiran, mental, spiritual. Untuk mempelajari suatu hal, perlu didukung banyak ilmu sehingga kita dapat melihat hal tersebut dari berbagai sudut pandang.

    ReplyDelete
  111. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Bagus sekali perbincangan dalam dialog ini pak. Daun tidak berwarna hijau jika di sinari dengan warna yang lain, seperti halnya manusia, daun itu bagaikan manusia. Jika di sinari nilai kebaikan insyaallah akan baik dan sebaliknya jika disinari nilai keburukan bisa-bisa menjadi buruk.
    Jadi, pilihlah sinar kehidupan yang dapat menunjukkan kita pada kebaikan.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    ReplyDelete
  112. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Metafisik menuntut kita untuk selalu bisa melihat sesuatu dari berbagai sisi. Pemahaman mengenai metafisik menggambarkan kadar keilmuan yang kita miliki. Seperti daun tadi, ketika kita lihat dalam keadaan gelap maka yang terjadi warna daunpun menjadi gelap, bukan hijau lagi. Jadi metafisik menuntut kita untuk selalu berpikir dari berbagai sisi, karena yang terlihat belum tentu sesuai dengan kelihatannya.

    ReplyDelete
  113. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Metafisik merupakan sesuatu yang berwujud diluar apa yang kita lihat, apa yang kita dengar dan apa yang kita rasakan. Dari metafisik kita dapat belajar sesuatu yang lebih dari sekedar maksud dan pengertian, untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

    ReplyDelete
  114. Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018 B

    Metafisik?
    Kamu adalah dia yang juga Saya, sebab ketiga-tiganya adalah makhluk yang satu.

    ReplyDelete
  115. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Dari artikel Bapak diatas, metafisik merupakan maksud dari sesuatu di balik melihat dan mendengar. Segala sesuatu yang ada di dunia ini mempunyai maksud dan tujuannya masing-masing, termasuk belajar yang juga mempunyai maksud dan tujuan tertentu. Dengan belajar kita bisa menambah ilmu dan pengetahuan yang kita miliki dan akhirnya kita menyadari semakin banyak yang belum kita ketahui dari pada yang kita ketahui.

    ReplyDelete
  116. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B

    Metafisik merupakan sesuatu di luar panca indera kita. Metafisik mengajarkan agar kita selalu melihat sesuatu dari berbagai sisi. Ketika kita hanya melihat pada satu sisi saja maka sisi yang lain akan tertutup, padahal belum tentu sisi yang kita lihat bernilai benar dan sisi yang tertutup bernilai salah.

    ReplyDelete