Sep 25, 2017

*Matematika Ikhlas*


Oleh: Marsigit, UNY


*Togog*:
Ini serius Mar, apa bisa dibuatkan matematikanya _ikhlas_ ?

*Semar*:
Serius ? Jika serius maka matematikanya ya serius. Matematika yang serius itu matematika tingkat tinggi. Setinggi tinggi matematika itu ada 2 perkara: pertama, Aksioma sebagai kumpulan teori T tentang keikhlasan, kedua Bukti bahwa pada setiap teori T dapat ditemukan objek keikhlasan.

*Semar*:
Jadi yang dimaksud dengan Matematika Ikhlas adalah Teori T yang memuat Aksioma keikhlasan dan Teorema Keikhlasan, dimana selalu dapat diturunkan S, teorema teorema keikhlasan berikutnya, melalui definisi, yang memuat objek keikhlasan. Artinya selalu dapat diturunkan teori S dari teorema T. Disebut S reduksibel secara ontilogis dari T.

*Semar*:
Teori S dapat diturunkan dari Teori T, jika di dalam Teori S dapat ditemukan unsur unsur keikhlasan yang tidak didefinisikan atau unsur primitif keikhkasan dan terdapat anggota T yang memenuhi Teori S.

*Semar*:
Dari uraian di atas kita telah mempunyai rumus transformasi reduksi dari teori T menjadi teori S. Misal rumus itu adalah R, maka dapat ditulis R: T -----> S.

*Semar*:
Selanjutnya, di dalam trasformasi reduksi R, dapat ditemukan sifat sifat berikut. (1) Jika x anggota R adalah keikhlasan, maka x bersifat ada atau mungkin ada. (2) Jika p adalah nilai kebenaran x maka x ada jika x konsisten atau logis, (3) R bersifat tertutup, artinya setiap transformasi reduksi dari keikhlasan T selalu menghasilkan keikhlasan S. (4) Syarat perlu dan cukup benarnya x adalah bahwa x mewakili setiap keikhlasan yang ada.

*Semar*:
Prinsip Dasar: Misal i adalah bermacam macam cara logis kita dapat menentukan apakah suatu x anggota R bersifat ikhlas. Maka { x1, x2, x3, ..., xi} adalah himpunan dari keikhlasan keikhlasan. Maka kita dapat menemukan himpunan transformasi penghasil reduksi keikhlasan sebagai Tn = {t1, t2, t3, ... , ti}. i= 1, 2, 3, ..., n. Dari sifat ini, kita dapat mendefinisikan keikhlasan sbb:
1. x disebut ikhlas terhadap ti, jika ditemukan ti di dalam Tn, sedemikian sehingga ti memuat xi.
2. x disebut ikhlas dalam Tn, jika untuk setiap xi selalu dapat ditemukan Ti himpunan bagian dari Tn.

*Mbilung*:
Mar, Togog tidur.

*Semar*:
E lha tadi katanya minta serius?

*Mbilung*:
Kok sulit Mar?

*Semar*:
E itu baru pengantar. Saya terangkan untuk mahasiswa S2 saja kesulitan.

*Semar*:
Tulisan ini saya hadiahkan untuk Cucuku putri ke 3, yaitu Fiona Alfathunissa Tsaqif, yang alhamdulillah telah lahir dengan selamat tanpa kurang satu apa pada hari Jumat, 07 Juli 2017 (7717). Mohon doa restu semoga menjadi anak yang solehah berbakti kepada orang tua, berguna bag diri, keluarga, masyarakat, negara dan Agama. Aamiin.

END


8 comments:

  1. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan postingan tentang matematika ikhlas, saya belajar bahwa matematika juga mengajarkan tenatng keikhlasan. Dalam postingan Bapak, matematika yang mengambarkan ikhlas pada materi geometri. Bahwa matematika sangat serius dalam dua perkara yaitu aksioma dan bukti. Sehingga dapat diaplikasikan dalam aksioma keikhlasan dan teorema keikhlasan. Keduanya tidak dapat didefinisikan bagaimana keikhlasan itu

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mathematics is not an ambiguous subject as many people portrays it. The subject of Mathematics plays a vital role in testing and explaining various theories in life.
    Philosophically, issues occurring either via "Form" or "Substance" can be explained mathematically.

    ReplyDelete
  4. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Ikhlas itu cukup abstrak dan tidak bisa diukur..Ikhlas ada dalam bagian rasa dan lubuk hati yang sangat dalam sehingga yang bisa mengetahui dan mendifinisikan ikhlas yang diri sendiri, bukan orang lain..namun bagian kecil indikitaor nilai ikhlas dapat dilihat dari apa yang telah diperbuat atau yang tampak dari seseorang seperti sabar, menerima apa adanya dsb..indikator itu tdklah mutlak karena seseorang bisa memanipulasi keikhlasan melalui peran yang diinginkan..jadi sekali lagi nilai keikhlasan mutlak hanya diketahui oleh diri sendiri bukan turunannya "sifat/tabiat atau lainnya yang terlihat dari luar.

    ReplyDelete
  5. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu’alaikum, Wr.Wb.

    Keikhlasan memang sangat sulit untuk diungkapkan. Keikhlaskan bersumber didalam hati manusia yang rela dan mau untuk melakukan suatu tindakan atau melakukan sesuatu. Memang sangat sulit untuk menggapai sebuah keikhlasan. Akan tetai akan berdampak luar biasa jika dapat menjalankan sesuatu dengan ikhlas. Semoga kita senantiasa memiliki rasa keikhlasan dalam menjalankan sesuatu.

    ReplyDelete
  6. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Melalui tulisan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ikhlas tidak bisa diukur. Ikhlas berasal dari hati manusia sehingga tidak akan nampak. Keikhlasan hanya dapat diketahui oleh orang tersebut dan Allah. Selain itu, ketika kita belajar mengenai suatu hal, hendaknya konsisten. Ketika kita mengalami kerumitan seperti mbilung, yang harus kita lakukan adalah mencoba memahami bukan berhenti belajar. Ketika kita sudah merasa sulit, maka, akan sulit.

    ReplyDelete
  7. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan tentang Matematika Ikhlas bahwa beberapa Cara agar kita dapat mancapai rasa ikhlas adalah dengan mengosongkan pikiran dissat kita sedang beribadah kepada Allah SWT. Kita hanya memikirkan Allah, shalat untuk Allah, zikir untuk Allah, semua amal yang kita lakukan hanya untuk Allah. Lupakan semua urusan duniawi, kita hanya tertuju pada Allah. Jangan munculkan ras riya’ atau sombong di dalam diri kita karena kita tidak berdaya di hadapan Allah SWT. Rasakanlah Allah berada di hadapan kita dan sedang menyaksikan kita. Insya Allah dengan cara di atas anda dapat mencapai ikhlas. Dan jangan lupa untuk berdoa memohon kepada Allah SWT agar kita dapat beribadah secara ikhlas untuk-Nya. Selanjutnya, Ikhlas juga sebagai pengukuran tanpa skala dalam kehidupan manusia sebagai bagian dari pengaplikasian matematika.

    ReplyDelete
  8. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018
    Matematika yang dikupas dari multisisi secara filosofis membuat matematika berwajah teduh. Bukan sekadar angka-angka duniawi, tapi juga angka-angka religious. Keduanya bias juga ternyata untuk menyodok diri kita dalam kebaikan maupun keburukan (pahala-dosa dan sebagaimanya) sebagaimana yang ditulis Prof di tema-tema matematika ini.

    ReplyDelete