Sep 25, 2017

*Matematika Ikhlas*


Oleh: Marsigit, UNY


*Togog*:
Ini serius Mar, apa bisa dibuatkan matematikanya _ikhlas_ ?

*Semar*:
Serius ? Jika serius maka matematikanya ya serius. Matematika yang serius itu matematika tingkat tinggi. Setinggi tinggi matematika itu ada 2 perkara: pertama, Aksioma sebagai kumpulan teori T tentang keikhlasan, kedua Bukti bahwa pada setiap teori T dapat ditemukan objek keikhlasan.

*Semar*:
Jadi yang dimaksud dengan Matematika Ikhlas adalah Teori T yang memuat Aksioma keikhlasan dan Teorema Keikhlasan, dimana selalu dapat diturunkan S, teorema teorema keikhlasan berikutnya, melalui definisi, yang memuat objek keikhlasan. Artinya selalu dapat diturunkan teori S dari teorema T. Disebut S reduksibel secara ontilogis dari T.

*Semar*:
Teori S dapat diturunkan dari Teori T, jika di dalam Teori S dapat ditemukan unsur unsur keikhlasan yang tidak didefinisikan atau unsur primitif keikhkasan dan terdapat anggota T yang memenuhi Teori S.

*Semar*:
Dari uraian di atas kita telah mempunyai rumus transformasi reduksi dari teori T menjadi teori S. Misal rumus itu adalah R, maka dapat ditulis R: T -----> S.

*Semar*:
Selanjutnya, di dalam trasformasi reduksi R, dapat ditemukan sifat sifat berikut. (1) Jika x anggota R adalah keikhlasan, maka x bersifat ada atau mungkin ada. (2) Jika p adalah nilai kebenaran x maka x ada jika x konsisten atau logis, (3) R bersifat tertutup, artinya setiap transformasi reduksi dari keikhlasan T selalu menghasilkan keikhlasan S. (4) Syarat perlu dan cukup benarnya x adalah bahwa x mewakili setiap keikhlasan yang ada.

*Semar*:
Prinsip Dasar: Misal i adalah bermacam macam cara logis kita dapat menentukan apakah suatu x anggota R bersifat ikhlas. Maka { x1, x2, x3, ..., xi} adalah himpunan dari keikhlasan keikhlasan. Maka kita dapat menemukan himpunan transformasi penghasil reduksi keikhlasan sebagai Tn = {t1, t2, t3, ... , ti}. i= 1, 2, 3, ..., n. Dari sifat ini, kita dapat mendefinisikan keikhlasan sbb:
1. x disebut ikhlas terhadap ti, jika ditemukan ti di dalam Tn, sedemikian sehingga ti memuat xi.
2. x disebut ikhlas dalam Tn, jika untuk setiap xi selalu dapat ditemukan Ti himpunan bagian dari Tn.

*Mbilung*:
Mar, Togog tidur.

*Semar*:
E lha tadi katanya minta serius?

*Mbilung*:
Kok sulit Mar?

*Semar*:
E itu baru pengantar. Saya terangkan untuk mahasiswa S2 saja kesulitan.

*Semar*:
Tulisan ini saya hadiahkan untuk Cucuku putri ke 3, yaitu Fiona Alfathunissa Tsaqif, yang alhamdulillah telah lahir dengan selamat tanpa kurang satu apa pada hari Jumat, 07 Juli 2017 (7717). Mohon doa restu semoga menjadi anak yang solehah berbakti kepada orang tua, berguna bag diri, keluarga, masyarakat, negara dan Agama. Aamiin.

END


69 comments:

  1. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan postingan tentang matematika ikhlas, saya belajar bahwa matematika juga mengajarkan tenatng keikhlasan. Dalam postingan Bapak, matematika yang mengambarkan ikhlas pada materi geometri. Bahwa matematika sangat serius dalam dua perkara yaitu aksioma dan bukti. Sehingga dapat diaplikasikan dalam aksioma keikhlasan dan teorema keikhlasan. Keduanya tidak dapat didefinisikan bagaimana keikhlasan itu

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mathematics is not an ambiguous subject as many people portrays it. The subject of Mathematics plays a vital role in testing and explaining various theories in life.
    Philosophically, issues occurring either via "Form" or "Substance" can be explained mathematically.

    ReplyDelete
  4. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Ikhlas itu cukup abstrak dan tidak bisa diukur..Ikhlas ada dalam bagian rasa dan lubuk hati yang sangat dalam sehingga yang bisa mengetahui dan mendifinisikan ikhlas yang diri sendiri, bukan orang lain..namun bagian kecil indikitaor nilai ikhlas dapat dilihat dari apa yang telah diperbuat atau yang tampak dari seseorang seperti sabar, menerima apa adanya dsb..indikator itu tdklah mutlak karena seseorang bisa memanipulasi keikhlasan melalui peran yang diinginkan..jadi sekali lagi nilai keikhlasan mutlak hanya diketahui oleh diri sendiri bukan turunannya "sifat/tabiat atau lainnya yang terlihat dari luar.

    ReplyDelete
  5. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu’alaikum, Wr.Wb.

    Keikhlasan memang sangat sulit untuk diungkapkan. Keikhlaskan bersumber didalam hati manusia yang rela dan mau untuk melakukan suatu tindakan atau melakukan sesuatu. Memang sangat sulit untuk menggapai sebuah keikhlasan. Akan tetai akan berdampak luar biasa jika dapat menjalankan sesuatu dengan ikhlas. Semoga kita senantiasa memiliki rasa keikhlasan dalam menjalankan sesuatu.

    ReplyDelete
  6. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Melalui tulisan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ikhlas tidak bisa diukur. Ikhlas berasal dari hati manusia sehingga tidak akan nampak. Keikhlasan hanya dapat diketahui oleh orang tersebut dan Allah. Selain itu, ketika kita belajar mengenai suatu hal, hendaknya konsisten. Ketika kita mengalami kerumitan seperti mbilung, yang harus kita lakukan adalah mencoba memahami bukan berhenti belajar. Ketika kita sudah merasa sulit, maka, akan sulit.

    ReplyDelete
  7. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan tentang Matematika Ikhlas bahwa beberapa Cara agar kita dapat mancapai rasa ikhlas adalah dengan mengosongkan pikiran dissat kita sedang beribadah kepada Allah SWT. Kita hanya memikirkan Allah, shalat untuk Allah, zikir untuk Allah, semua amal yang kita lakukan hanya untuk Allah. Lupakan semua urusan duniawi, kita hanya tertuju pada Allah. Jangan munculkan ras riya’ atau sombong di dalam diri kita karena kita tidak berdaya di hadapan Allah SWT. Rasakanlah Allah berada di hadapan kita dan sedang menyaksikan kita. Insya Allah dengan cara di atas anda dapat mencapai ikhlas. Dan jangan lupa untuk berdoa memohon kepada Allah SWT agar kita dapat beribadah secara ikhlas untuk-Nya. Selanjutnya, Ikhlas juga sebagai pengukuran tanpa skala dalam kehidupan manusia sebagai bagian dari pengaplikasian matematika.

    ReplyDelete
  8. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018
    Matematika yang dikupas dari multisisi secara filosofis membuat matematika berwajah teduh. Bukan sekadar angka-angka duniawi, tapi juga angka-angka religious. Keduanya bias juga ternyata untuk menyodok diri kita dalam kebaikan maupun keburukan (pahala-dosa dan sebagaimanya) sebagaimana yang ditulis Prof di tema-tema matematika ini.

    ReplyDelete
  9. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    terkait matematiak Ikhlas kita mengetahui bahwa ilmu matematika harus serius, dengan tingkat serius maka mencapai yang dinamakan matematika ikhlas. dengan membaca postingan ini kita bisa mengetahui Setinggi tinggi matematika itu ada 2 perkara, yang pertama yaitu Aksioma sebagai kumpulan teori T tentang keikhlasan, yang kedua Bukti bahwa pada setiap teori T dapat ditemukan objek keikhlasan juga.

    ReplyDelete
  10. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Urgensi ikhlas dalam menjalani hidup. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Ikhlas adalah semata-mata untuk mendapatkan ridho Allah dan ikhlas bukan perkara ucapan dibibir melainkan hablu minallah yaitu hubungan kita langsung dengan Allah Ta’ala atau perkataan hati. Sebesar apapun ujian yang kita dapatkan maka sabar dan ikhlaslah jawabannya. Karena dibalik kesabaran dan keikhlasan ada hikmah dari setiap ujian/cobaan yang kita dapatkan. Sebaik-baik cobaan adalah sabar dan ikhlas.

    ReplyDelete
  11. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Keikhlasan dpat ditemui dimana saja, salah satunya keikhlasan dalam matematika. berbicara tentang ikhlas merupakan sikap yang ada dalam hati seseorang, keikhlasan tidak diucapkan namun diasakan dalam hati seseorang dalam menghadapi suatu keadaan dari yang susah sampai yang senang. ikhlas dalam menuntut ilmu juga harus ada dalam diri seorang akademisi, menuntut ilmu dengan rasa ikhlas dalam mempelajarinya maka Allah akan mempermudah dalam mneuntutilmu tersebut. ketidakiklasan timbul jika ikhlas ketika seseorang berbicara ikhas dalam keadaannya.Semoga Allah SWT selalu mnegampuni dan menolong kita

    ReplyDelete
  12. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Sesuai dengan tulisan bapak diatas, ikhlas memang sebuah kata yang sangat rumit untuk dijabarkan wujudnya. Mudah diucapkan namun sulit dalam penerapannya. Dalam AlQuran ikhlas ditemukan pada surat Al-Ikhlas, dimana dalam surah tersebut bahkan tidak satu katapun menyebutkan kata ikhlas. Harusnya hal tersebut menjadi pelajaran pada kita bahwa keikhlasan adalah bukan terpancar dari ucapan yang terdengar. Secara bahasa ikhlas berarti murni, dalam surah Al-Ikhlas diceritakan mengenai kemurnian pengabdian manusia terhadap sang penciptanya. Seperti apa yang dijelakan dalam Surah tersebut maka dapat dikatakan bahwa ikhlas adalah memurnikan segala yang kita lakukan hanya karena dan untuk Allah.

    ReplyDelete
  13. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Bila berbicara tentang ikhlas banyak dan hampir semua aspek dihubungkan dengan segala aktifitas manusia. Bila ikhlasnya dalam Ilmu Pengetahuan bisa saja artinya menerima Ilmu tersebut dengan ikhlas agar bermanfaat dan memang bermanfaat. Sama halnya dengan Ilmu berhitung, patut diterima dengan sangat ikhlas atau bahkan tanpa disadari sudah ikhlas dari dalam hati karena memang merasakan manfaat Ilmu tersebut.

    ReplyDelete
  14. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Pekerjaan sulit bagi hati dan pikiran untuk menentukan bila sesuatu itu ikhlas tidaknya. Padahal hati di sini yang berperan penting dalam menentukan ikhlas tidaknya sesuatu, meskipun manusia mengatakan ikhlas dan hati mengatakan sebaliknya. Sehingga sering terjadi perdebatan antara hati dan pikiran manusia untuk menjawab bahwa belajar matematika membutuhkan keikhlasan agar ilmunya barokah dan bermanfaat bagi orang lain juga. Bila belajar matematika tidak ikhlas maka apa yang dipelajari akan keluar dari pikiran lagi dan akhirnya tidak tersimpan dalam memori otak manusia. Begitu hebatnya keikhlasan yang secara tidak langsung bisa memngontrol tindak tanduk manusia.

    ReplyDelete
  15. Lukman
    18701264003
    S3 PEP 2018

    Konstruk Instrumen Pengukuran Ikhlas yang Terbatas

    Prof. Saifuddin Azwar berpendapat bahwa setiap yang mempunyai konsep dapat dibuat instrumen pengukurannya. Hal ini di-amini oleh ahli-ahli pengukuran di UNY. Saya juga sepakat, namun keterbatasan instrumen pengukuran ikhlas, takwa, mukmin adalah tidak mampu untuk mengukur keikhlasan, kemukminan, ketekwaan orang lain. Karena hal ini akan menimbulkan justifikasi yang bisa melompati koridor kewenangan Allah SWT. Instrumen ikhlas hanya bisa digunakan oleh penggunanya untuk dirinya sendiri sebagai muhasabah (self asssesment).
    Terima kasih, Wallohu A'lam.

    ReplyDelete
  16. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Keikhlasan berasal dari dalam hati manusia yang tidak bisa dilihat dengan panca indera kita. Keikhlasan seorang hamba hanyalah Allah SWT yang mengetahuinya. Ikhlas tak perlu diucapkan dengan lisan, namun hanya hati yang mengetahui keberadaan ikhlas itu sendiri. Segala sesuatu yang dilakukan dengan niat ikhlas akan mendapatkan Ridho Allah SWT karena niatnya hanya untuk Allah. Semoga diri ini selalu bisa menjadi pribadi yang selalu iklhas dalam melaksanakan aktivitas termasuk menyelesaikan pendidikan Pascasarjana Matematika dan ikhlas dalam belajar filsafat matematika.

    ReplyDelete
  17. hanif cahyo adi kistoro
    PEP S3 / 18701264004

    ikhlas adalah ketika sesuatu yang hilang dari kita tidak kita ingat. seperti makan yang sering kadang kita merelakan untuk menantap sesuatu yang enak dan kita puas terhadapanya. ikhlas tidak akan bisa diukur dengan materi. ikhlas adalah salah satu ilmu tertinggi dalam islam dalam mencari hakikat kehidupan.

    ReplyDelete
  18. Darmanto Minggele
    18701264006
    S3 PEP

    Matematika ikhlas, ikhlas kok di matematika??
    Dimana ikhlasnya??
    Ow ternyata ikhlas gak bisa di matematika tapi matematika kudu ikhlas. Pusing bin mumet.

    ReplyDelete
  19. Cinta Adi Kusumadewi
    18709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2018

    Memandang matematika melalui sudut pandang filsafat, yakni di dalam matematika kita telah mengetahui adanya teorema, dan di dalam teorema ternyata terdapat unsur-unsur / objek-objek yang menjadi penyusun bagi teorema tersebut, tidak mungkin tidak ada. Objek-objek penyusun teorema adalah objek-objek yang secara ikhlas ditemukan dalam suatu teorema tersebut. Akibatnya, jika terdapat suatu teorema keikhlasan maka akan bisa ditemukan objek keikhlasan, ada bentuk dan pembentuk, begitu seterusnya.

    ReplyDelete
  20. Muhammad Soali
    15716251030
    Pendidikan Bahasa Inggris

    Onr word for the article " imprrssive"
    Saya tidak menyangkat teori matrmatika ada unsur keikhlasan disitu
    Yang mana matematika bisa dilihat dari berbagai sudut tetmasuk filsafat
    Keren sekali

    ReplyDelete
  21. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Terima kasih Bapak atas informasi mengenai Matematika Ikhlas yang telah Bapak share kepada kami semua. keikhlasan tidak hanya tentang ikhlas dalam memberi, ikhlas dalam menerima cobaan, tetapi dalam belajar khususnya belajar matematika kita membutuhkan sifat ikhlas. Dengan keikhlasan di segala aspek kehidupan maka nantinya kita akan menerima semua hal itu dengan baik dan mendapat balasan yang baik juga.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Jika kita sudah belajar ikhlas semenjak dini, maka yakinlah kita akan lebih mudah ikhlas atau menerima segala hal dalam hidup terutama mengenai hal-hal yang tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Ikhlas juga akan memberikan kita ketenangan dalam hidup, karena dengan ikhlas kita akan lebih mudah untuk menjalani kehidupan yang selanjutnya tanpa terbayang-bayang oleh suatu hal yang tidak kita inginkan sebelumnya. Namun sebenarnya memang ikhlas tidak bisa dipisahkan dengan ikhtiar, dimana ketika kita kita sudah berikhtiar namun hasilnya tidak sesuai dengan harapan, barulah kita harus belajar untuk ikhlas menerima.

    ReplyDelete
  24. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Seseorang dikatakan ikhlas apabila sesuatu yang ia beri tidak dia ingat-ingat kembali seperti angin yang berlalu. Namun apabila ia masih mengingatnya tetapi mulutnya mengatakan "aku ikhlas kok" ini sama saja artinya dia belum mengikhlaskan sesuatu itu. Belajar ikhlas itu memang sulit, namun bila kita benar-benar ikhlas insya Allah kita akan merasakan ketenangan dalam hidup dan tidak terbayang-bayang oleh sesuatu hal yang tidak kita inginkan sebelumnya. Dengan keikhlasan di dalam aspek kehidupan kita, insya Allah nantinya kita akan menerima semua hal tersebut dengan baik dan mendapat balasan yang baik pula.

    ReplyDelete
  25. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Ikhlas adalah bagian dari keimanan. Sejatinya manusia sendiri tidak tahu benar apakah telah ikhlas dalam suatu urusan ataukah belum. Ikhlas letaknya di dasar hati, tingkatannya begitu mulia yang bisa mendekatkan diri pada Sang Maha Esa. Jika mengenai aksioma matematika yang katanya cukup rumit, butuh penalaran berkali-kali agar bisa mencapai tingkat paham begitu pula dengan ikhlas. Ikhlas membutuhkan latihan berkali-kali, sampai benar-benar mencapai tingkatan itu dengan gelar mukhlis yaitu orang yang ikhlas.
    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  26. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Ikhlas berarti menerima apa yang telah ditetapkan. Sehingga dalam prosesnya, keikhlasan itu hanya dapat dirasakan oleh diri sendiri dan diketahui Allah SWT. Secara kasat mata ikhlas adalah suatu yang tidak tampak dari luar diri manusia tapi bisa diturunkan pada perilakunya. Dalam penerapannya setiap keikhlasan akan memunculkan keikhlasan baru yang bersifat konsisten dan logis. Sama seperti belajar matematika setiap langkah yang dikerjakan akan memunculkan langkah baru. oleh karena itu matematika ikhlas berarti matematika tingkat tinggi yang bisa didapatkan dengan proses yang panjang. Dari itu kita belajar tentang keikhlasan itu tidak hanya dalam ucapan ataupun kepercayaan diri bahwa kita ikhlas. Tapi dalam prosesnya bagaimana kita percaya kepada Allah dan konsisten meyakini semua proses yang kita alami bagian dari apa yang Allah takdirkan yang terbaik buat kita.

    ReplyDelete
  27. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP 2019

    Assalammualaikum
    Ikhlas mudah dalam pengucapan namun cukup sulit dalam pengaplikasian. Ikhlas artinya pasrah dan yakin kepada Allah setelah kita sudah melewati tahap berdoa, ikhtiar.
    Dan saat kita belajar matematika, secara tersirat matematika mengajarkan kita makna ikhlas, ikhlas tidak memiliki batas. Artinya saat kita sudah menanamkan sikap ikhlas pada diri kita. Maka tidak ada pernah rasa kecewa atau kecil hati pada proses bahkan hasil yg kita dapat.
    Matematika abstrak namun kandungan tersiratnya luar biasa
    Terima kasih Prof. suadah memberikan wejangan ilmu yang luar biasa

    ReplyDelete
  28. sintha fardu anggraeni
    19709251071/ D
    S2 Pendidikan matematika 2019

    Dialog tersebut saya menyimpulkan bahwa keikhlasan dapat diturunkan menjadi sifat-sifat keikhlasan dan suatu objek-objek keikhlasan (perbuatan) akan dikatakan ikhlas jika memenuhi sifat-sifat keikhlasan. Dan untuk sifat ikhlas sendiri saya lebih cenderung memahami bahwa suatu perbuatan dikatakan ikhlas jika hanya ditujukan untuk mendapat ridho dan rahmat dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  29. Assalamu'alaikum wr wb
    Novi Indriyani Kones
    PEP S2 A 2019
    19701251002

    artikel ini yang saya tangkap adalah mengimplementasikan definisi dari keikhlasan melalui pemodelan matematika. Keikhlasan itu berawal dari hati kita, menurut saya hati nya itu T dari T itu kita akan menghasilkan x dimana x itu merupakan sifat-sifat yang logis yang akan mengantarkan kepada keikhlasan (S). x yang dipilih bergantung dari kita, x itu ada sifat-sifat positif dan ada sifat-sifat negatif (penyakit hati). jika x itu sifat-sifat positif maka hati (T) akan mengantarkan kepada keikhlasan (S). Oleh karena itu, pelajaran yang dapat saya peroleh dari artikel ini adalah berusaha untuk selalu mengambil sisi positif dalam hal apapun supaya terbentuk hati yang berisi sifat-sifat positif sehingga kehidupan ini penuh dengan keikhlasan.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wrb

    ReplyDelete
  30. Galih Istiningsih
    19706261009
    s3 pendidikan dasar

    Assalamualaykum. Pelajaran yang dapat diperoleh dari dialog Togog, Semar dan Mbilung adalah matematika ikhlas salah satu contoh perbuatan positif untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Ikhlas mengharap ridho Nya untuk mendapat rahmat Nya. Ikhlas dalam segala hal adalah menjadi kunci hati kita untuk hanya berharap keberkahan,

    ReplyDelete
  31. Hajra Yansa
    19701251012
    PEP S2 2019 A

    Assalamualaikum.

    Berdasarkan tulisan bapak di atas, saya berasumsi: keikhlasan terepresentasikan melalui aktivitas yang didasari alasan tujuan penciptaan. Sedangkan ikhlas itu sendiri tidak untuk dituturkan bahkan terbesit pun dalam hati bahwa "saya ikhlas" berarti sudah menyalahi asas keikhlasan. Karena ikhlas adalah sesuatu yang dilupakan bahwa "kita pernah memberi, membantu, menjalankan dll." Dan hanya Sang Pencipta yang bisa memberi label ikhlas pada setiap yang diciptanya.

    Terima kasih prof atas ilmunya.

    ReplyDelete
  32. Heriansyah
    19701261017
    PEP S3 2019

    Ikhlas artinya bersih,tulus, murni. Jika ia sudah dicampuri unsur lain maka hilanglah kemurniaannya. Matematika ikhlas mengajarkan tentang hakikat ikhlas yg tidak bisa diuraikan kecuali iklhas itu sendiri. Ikhlas adalah mengerjakan sesuatu hanya karena Ridha Allah tanpa ada unsur lain. Hadiah yg sangat baik dan berat untuk cucunya Prof. Amin...Moga pengharapannya terkabulkan..

    ReplyDelete
  33. Muh. Asriadi AM
    19701251008
    S2 PEP 2019

    Yang dapat saya pahami dari artikel ini bahwa dari matematika kita bisa memahami arti dari sebuah keikhlasan. Kita semua tau bagi sebagian besar orang pelajaran/materi di dalam matematika tidaklah mudah dimegerti. Ilustrasi yang diberikan pada artikel ini memperlihatkan bahwa dalam menjabarkan sesuatu yang sifatnya abstak menjadi sesuatu yang bisa diterima oleh akal dan hati butuh keseriusan. Keseriusan yang dimaksud adalah mau menerima dan mengaplikasikan sesuatu yang dalam pandangan umum susah untuk diterapkan. Namun ketika mau berusaha memahami ilustrasi matematika yang diberikan sebenarnya disitulah konsep ikhlas itu hadir. Hadirnya keikhlasan itu sebagai reaksi dari keseriusan dan tanpa pamrih untuk memahami ilustrsi yang sulit. Kalau ingin memahami penjelasan semar kamu harus ikhlas agar ilmu dapat dipahami. Sehingga ikhlas itu sifatnya abstrak namun mempunyai peran penting dalam memaknai kehidupan. Kesimpulan saya ikhlas adalah sesuatu yang ada meskipun wujudnya berada dalam ketiadaan.

    Terima kasih prof ilmunya.

    ReplyDelete
  34. Choirul Amri (19709251078)
    S2 Pendidikan Matematika 2019.

    Terimakasih atas filosofi yang mendalam tentang hakikat matematika ikhlas Bapak. Benar apa yang disampaikan bahwa matematika berkenaan dengan keikhlasan oleh karenanya lahirnya aksioma atas itu, dan keikhlasan berhubungan erat dengan matematika sehingga melahirkan bukti, bukti matematika mendefinisikan ikhlas itu bagai rumus sederhana matematika bahwa hasil yang diperoleh sama dengan hasil bagi atau berbanding terbalik antara apa yang diberi dengan apa yang diharapkan yaitu misalnya kita memberi 1 dan mengharapkan 2 maka kita akan mendapatkan setengah, jika kita memberi 1 dan mengharapkan 1 maka kita akan mendapatkan 1, namun bila kita memberi 1 dan tidak mengharapkan apa-apa (0 atau ikhlas) maka kita akan mendapatkan hasil yang tak terhingga. Saya jadi teringat akan konsep itu setelah saya membaca filosofi matematika ikhlasnya Bapak. Terimakasih

    ReplyDelete
  35. Tri Effiyanti
    19701261007
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 2019

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Matematika ikhlas, kata ihklas kalau dijabarkan secara matematika akan terasa berat. Togog saja sampe tidur. Hehehe.. Ikhlas yang dipahami selama ini ialah melakukan sesuatu tanpa mengharap imbalan, rela memberikan yang kita punya tanpa harus merasa kehilangan, sabar menerima segala macam cobaan tanpa mengeluh pada sang Pencipta. Namun, sejatinya apakah yang telah kita lakukan itu ikhlas atau tidak, hanya Allah yang tahu, sang pemilik Hati ini. Dia yang membolak balikkan hati dan perasaan kita. Bisa saja niat kita tadinya ikhlas, namun dengan sesaat berubah menjadi tidak ikhlas karena perubahan situasi yang memaksa fikiran dan hati kita merubah niat tersebut. Semoga Allah selalu menjernihkan hati dan fikiran kita, agar segala tindakan kita dapat dilakukan dengan ikhlas dan bernilai ibadah. Amiinn.

    ReplyDelete
  36. Ratna Hidayah
    19706261007
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum, wr.wb.

    Matematika itu berkelanjutan dan berhubungan. Untuk dapat mengembangkan dan mengahasilkan teori baru yang tepat tentu dibutuhkan teori sebelum- sebelumnya. Begitu pula dengan kehidupan. Manusia lahir sebagai makhluk hidup ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang taat pada hukum alam, mengalami pertumbuhan, perkembangan, mati, dan seterusnya, serta terkait dan berinteraksi dengan alam dan lingkungannya. Manusia sebagai mahluk individu karena memiliki jiwa sendiri namun juga sebagai makhluk social karena tidak dapat dipisahkan dengan lingkungan masyarakat dan alam.Maka dari itu perlunya rasa saling ikhlas antar sesama manusia dalam menerima dan memberi di kehidupan bermasyarakat agar terciptanya kehidupan yang harmonis dan kemajuan bangsa. Terima kasih prof. atas pembelajarannya.

    ReplyDelete
  37. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019
    Bagi kebanyakan orang, kata "ikhlas" memang mudah untuk diucapkan pun dituliskan. Namun sejatinya perbuatan ikhlas itu sukar dilaksanakan apalagi dibuktikan. Begitu banyak variabel yang menjadikan ikhlas itu sulit dilakukan. Salah satunya adalah nafsu yang sejatinya ada di dalam pribadi manusia.

    ReplyDelete
  38. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Dari postingan ini saya belajar bahwa keikhlasan memang sesuatu yang sangat sulit untuk didefinisikan. Ikhlas terkait dengan perasaan dari hati manusia. Sangat sulit untuk mencapai keikhlasan bagi seseorang. Untuk melatih hati agar bisa mencapai ikhlas, kia perlu meningkatkan olah rasa dan olah hati kita.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Selamat pagi
    Ikhlas adalah Kata yang yang sulit diungkapkan bagi konteks budaya saya. Iklas kalau dalam bahasa saya adalah "one Mai nai" = one berarti didalam, mai berarti datang dan nai berarti nafas,isi hati. Jadi kalau diartikan menjadi keseluruhan isi hati seseorang yang ada didalam dirinya terhadap sesuatu (Tuhan,manusia, benda dll)
    Jadi ketika kita mengatakan iklas harus tiga kata itu ada yaitu one, mai dan nai. Jadi kalau dimatematikakan akan menjadi
    Iklas = one + mai + nai
    Kurang iklas = one + mai - nai/ one + mai -nai / mai + nai - one
    Tidak iklas = one/mai/nai/mai/nai/one/nai/one/mai

    Itu kalau menggunakan formula matematika. Kalau menggunakan bahasa
    Tidak ikhlas = cahir daku nai. Cahir= membagi (bisa dua, bisa tiga.... bisa ke-n tetapi bukan Satu). Daku berarti saya/kepemilikan saya. Nai bersrti isi keseluruhan jiwa Dan raga. Jadi cahir daku nai bersrti mendua sehingga totalitas daku nai sudah tidak kepada satu lagi. Kalau menggunakan formula matematika menjadi
    Tidak ikhlas = nai daku/2
    Catatan
    cahir daku nai menjadi nai daku artinya Sama.
    Untuk itu Kata ikhlas tidak bisa diungkapkan sembarangan atau seenaknya.Jadi terima kasih banyak prof Marsigit yang mengangkat judul matematika ikhlas.
    Dalam konsep bahasa Saya kata ikhlas tidak boleh diungkapkan sembarangan, harus ada perhitungan Dan pertimbangan
    Itulah makna dari artikel matematika iklas kalau saya kembangkan dari artikelnya Prof

    ReplyDelete
  41. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D
    Ikhlas itu pekerjaan hati sejatinya hanya kita sendiri yang tau, tidak bisa diukur dan tidak ada indikator pastinya. Dalam matematika ikhlas di artikan seperti aksioma dan teorema. Teorema merupakan sesuatu hal yang harus dibuktikan dengan definisi. Sehingga kita “bisa jadi” masuk kategori ikhlas ketika mampu membuktikan diri untuk menerima setiap takdir yang Tuhan berikan, dengan tidak banyak mengeluh dan menyalahkan takdir Tuhan.

    ReplyDelete
  42. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D
    Dari tulisan mengenai Matematika Ikhlas ini dikatakan bahwa ikhlas dalam matematika dapat ditunjukkan sebagai teorema dan aksioma yang harus dibuktikan, namun menurut saya ikhlas itu belum tentu dapat dibuktikan. Segala hal yang dilakukan seseorang, dapat mengandung keihkhlasan ataupun tidak. Adanya keikhlassn itu sendiri tidak dapat dibuktikan. Bahkan jika seseorang membuktikannya, itu tidak dapat menunjukkan secara mutlak ada atau tidaknya keikhlasan tersebut.
    Baiknya setiap hal yang kita lakukan memang dilakukan dengan ikhlas, dan saya rasa kita sendiri tidak perlu membuktikan kepada orang lain bahwa kita ikhlas melakukannya. Biarlah Tuhan yang menilai segalanya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  43. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih atas tulisan prof. Berdasarkan postingan tentang matematika ikhlas, mengajarkan secara tersirat sebuah ilmu keikhlasan. sama halnya sebuah ilmu, keikhlasan dapat diturunkan menjadi sifat-sifat keikhlasan dan suatu objek-objek keikhlasan(perbuatan). Sehingga Belajar ikhlas untuk segala sesuatu yang dikerjakan tak terhingga apapun itu dan bagaimana orang lain meresponnya.

    ReplyDelete
  44. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Menurut postingan Bapak mengenai matematika ikhlas, terdapat dua hal dalam matematika tingkat tinggi yaitu aksioma yang berisi teori-teori tentang keikhlasan dan bukti yang menunjukkan bahwa setiap teori tersebut dapat ditemukan objek keikhlasan. Meskipun sulit dipahami, hendaknya kita mencoba untuk belajar melalui yang ada disekitar.

    ReplyDelete
  45. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Matematika ikhlas mempunyai makna yang luas. Menyelesaikan masalah mtematika memerlukan pikiran, sedangkan ikhlas memerlukan hati. Anggapan banyak orang mengenai matematika salah satu mata pelajaran yang sulit dapat diselesaikan dengan benar jika kita ikhlas untuk mengerjakannya. Mempelajari ilmu pengetahuan membutuhkan keikhlasan hati dan pikiran, keduanya harus berjalan secara selaras.

    ReplyDelete
  46. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Saya mencoba googling untuk mencari makna teorema dan aksioma karena walau saya bukan mahasiwa program studi matematika namun kata ikhlas yang dikaitkan sungguh membuat saya bertanya – tanya akan apa makna dan hubungannya. Apa manfaat yang akan diperoleh jika memahami sedikit tentang matematika ikhlas tersebut. Saya menemukan bahwa aksioma kebenarannya tidak membutuhkan pembuktian sedangkan teorema masih membutuhkan pembuktian. Sejujurnya saya masih belum mengerti dalam memahami aksioma keikhlasan dan teorema keikhlasan. Namun dua definisi yang merupakan hasil dari temuan transformasi penghasil reduksi keikhlasan membuat saya setuju walaupun masih dalam pengertian dan pengetahuan terbatas mengenai hal tersebut.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  47. Hanifah Nabila Hendral
    19701251003
    S2 PEP A

    Assalamualaikum
    awalnya saya kebingungan saat membaca artikel ini, saya ulang berkali-kali sampai akhirnya saya mengeri. yang saya pahami dari artikel ini adalah ikhlas itu dapat dilihat kebenarannya dan memerlukan adanya bukti. bukti disini seperti kalau kita ikhlas dalam sedekah maka buktinya adalah kita tidak perlu mengingat-ingat nominal uang yang kita sedekahkan sedangkan kebenarannya adalah didukung dari sikap kita setelah sedekah. kemudian.dari keihlasan ini dapat menghasilkan perilaku-perilaku baru. contohnya jika kita ikhlas dalam beramal shaleh maka Allah akan lapangkan hati kita, kita melihat semua permasalahan kita dengan ringan dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  48. Hanifah nabila hendral
    S2 PEP A 2019
    19701251003

    Assalamualaikum,
    Ikhlas adalah melakukan sesuatu tanpa mengharapkan sesuatu yang lain. Ikhlas yaitu melakukan sesuatu semata-mata karena Allah SWT. Matematika ikhlas memuat aksioma keikhlasan dan teorema keikhlasan.

    ReplyDelete
  49. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Manusia adalah makhluk pembelajar, manusia harus terus mencari tahu sifat-sifatNya dan sifat-sifat kehidupannya sendiri. Manusia harus terus mencari tahu, agar lebih paham dan mengerti dari sebelumnya. Maksud dari mengerti adalah mempunyai atau terbentuknya kemampuan dalam memberikan batasan-batasan sesuatu, maka semakin bertambahlah pengetahuannya. Termasuk pengetahuan tentang makna ikhlas. Semakin bertambah pengetahuan dari manusia, sejatinya seharusnya semakin bertambah pula tingkatan keikhlasan di hatinya. Namun lagi-lagi, ikhlas dalam hati manusia hakikatnya tidak akan disadari sepenuhnya tetaplah hanya Dia Sang Maha Segalanya yang mengetahui. Pengetahuan yang semakin bertambah disinyalir akan lebih memudahkan manusia dalam mengarungi kehidupannya. Ikhlas adalah skill, maka perlu latihan yang tidak bisa satu atau dua kali namun berkali-kali.

    Terimakasih Prof...

    ReplyDelete
  50. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Jika berbicara mengenai matematika dan ikhlas, kita bisa analogikan dengan pembagian dalam matematika. Misalkan 1 : 1 = 1, 1 : 2 = 0.5, 1 : 4 = 0.25, artinya apabila kita ingin memberikan sesuatu yang kita miliki (1), dan semakin besar imbalan atau balasan yang kita harapkan dari pemberian tersebut (1,2,4) maka semakin kecil hasil yang kita dapatkan. Dapat disimpulkan bahwa semakin ikhlas atau semakin kecil pengharapan mendapatkan imbalan dari apa yang kita berikan maka akan semakin besar hasil yang kita dapatkan.

    ReplyDelete
  51. Achmad Rante Suparman
    19701261010
    PEP S3 2019


    Assalamualaikum Wr Wb.
    Keihklasan adalah sesuatu yang mudah dan berat Prof.
    Mudah karena tidak mengeluarkan banyak tenaga dan tidak mengeluarkan materi, tetapi berat karena susah untuk mengosongkan diri dari berbagai tujuan tertentu.

    Untuk mengetahui tentang keikhlasan dalam diri, maka hanya kita dan Tuhan yang tau tentang keikhlasan kita.

    Matematika ikhlas dalam penuruan rumus
    Kimia ikhlas dalam proses reaksi
    Sehingga tiap sisi kehidupan seharusnya berdasarkan keikhlasan.

    ReplyDelete
  52. Jupriyanto
    19706261006
    Pendidikan Dasar, S3

    Assalamualaikum... Ikhlas tidak hanya dalam lisan, "aku ikhlas kok", tetapi dikalbu tanpa ada pamrih. Ketika kita memberikan satu buku dari dua buku yang kita miliki, tapi berkurang buku yang kita milki. Keikhlasan akan apa yang kita berikan maka kebermanfaatan akan bertambah bagi orang lain. Keberkahan itu ialah keikhlasan. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  53. Dea Armelia
    19709251072
    S2 Pend. Matematika D 2019

    Untuk matematika pembagian, seperti:
    1 ÷ 1 = 1
    1 ÷ 2 = 1/2
    1 ÷ 10 = 1/10
    1 ÷ 100 = 1/100
    Sedangkan 1 ÷ 0 = ~ ( tak terhingga).
    Maknanya adalah:
    Kalau kita melakukan perbuatan baik, spt sedekah misalnya, kemudian kita mengharapkan balasan atas perbuatan itu, mk semakin kita banyak berharap hasilnya akan semakin kecil (1/100 dst).
    Tetapi ketika kita melakukannya dgn Ikhlas tanpa mengharapkan sesuatu imbalan apa pun atau 1 ÷ 0, maka hasilnya akan "Tak Terhingga" yang artinya Tuhan akan memberikan balasan atas keikhlasan kita dengan balasan yang tak terhingga (Penuh Keberkahan)

    ReplyDelete
  54. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dalam kehidupan yang dijalani oleh manusia, keikhlasan memiliki posisi yang sangat penting. Karena tanpa keikhlasan, maka amalan seseorang diibaratkan seperti jasad yang tidak memiliki ruh lagi. Layaknya dalam matematika, bahwa objek matematika, misalnya pembagian merupakan salah satu bagian dari teori dan aksioma keikhlasan. Membagi sesuatu yang kita miliki harus penuh dengan keikhlasan dan tanpa pamrih. Karena sejatinya keikhlasan merupakan tindakan menfokuskan tujuan suatu amalan, hanya semata-mata untuk Allah dan kepada Allah, dengan menjauhkan diri dari tujuan-tujuan lain yang bukan kepada Allah.

    ReplyDelete
  55. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Melalui paparan tulisan ini bahwa matematika ikhlas bila dikaitkan dengan kehidupan manusia yang saya pahami adalah keikhlasan seseorang itu bukanlah sesuatu yang bisa diukur. Keikhlasan juga dipengaruhi banyak hal baik internal maupun eksternal. Berlaku ikhlas terkadang sulit dilakukan untuk sebagian banyak orang, apalagi bila itu tidak menguntungkan bagi hidupnya. Oleh karena itu penting bagi kita untuk belajar ikhlas dimanapun dan kapanpun dalam hal yang positif serta tetap bersyukur kepada Tuhan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  56. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D

    Assalamualaikum wr.wb
    Berdasarkan postingan matematika ikhlas, maka saya dapat mengambil kesimpulan bahwa Keikhlasan tidak dapat diukur. Hanya Allah yang dapat mengetahui seberapa besar keikhlasan kita. Ketika berbuat baik, kemudian mengharapkan balasan, maka semakin kita banyak berharap imbalan, semakin kecil pula imbalan itu, begitu sebaliknya ketika kita melakukannya dengan keilkhlasan maka Allah akan memberikan balasan yang tak terhingga pula. Maka dari itu harus memperbaiki niat, agar hidup lebih tentram. Bukan lagi Take and Give tapi just Give.

    ReplyDelete
  57. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Menurut kalimat dalam artikel bapak, "Setinggi tinggi matematika itu ada 2 perkara: pertama, Aksioma sebagai kumpulan teori T tentang keikhlasan, kedua Bukti bahwa pada setiap teori T dapat ditemukan objek keikhlasan" itu saya sangat seuju sekali. Jika kenenaran dari sutu teorema adalah pembuktian, maka kebenaran dari suatu keikhlasan adalah hal yang cukup abstrak untuk dibuktikan. Dalam bahasa jawa kita sering mendengar "legowo" yang artinya menerima dengan lapang dada/ikhlas. Orang-orangpun dengan mudah bisa mengucapkan kata "saya ikhlas", tetapi pada hakekatnya ikhlas adalah penerimaan tanpa syarat.

    ReplyDelete
  58. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Duden Saepuzaman
    NIM. 19701261008
    S3 PEP 2019

    Mencoba memahami tulisan prof terkait keikhlasan ini, kalau saya menyimpulkan ikhlas disini terkait kesesuaian dengan " aturan logis" . apakah bisa dikatakan seperti ini prof?
    Dalam kasus yang umum, ikhlas sendiri bisa didefinisikan, tetapi untuk membuktikan " keikhlasan" nampaknya sulit , yang mungkin persepsi ( yang masih ranah metafisik) dari fenomena yang muncul atau perilaku yang nampak...

    ReplyDelete
  59. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Sungguh menarik tulisan di atas, matematika dikaitkan dengan keikhlasan. Apa hubungannya? Sekilas seolah mengada-ada, namun ada pesan tersirat terkait dengan nilai dasar. Ikhlas bukanlah hal matematis, yang terukur dan mesti dapat diukur. Ikhlas adalah bagaimana menerima ketetapan sepenuh hati, dan matematika membutuhan keikhlasan, baik mempelajarinya maupun menerima ketetapan yang telah digariskan. Meski begitu, ikhlas memiliki ukuran-ukuran yang tidak bersifat fisik, melainkan metafisik. Ikhlas mungkin tidak bisa terlihat (kecuali berupa simptom) tetapi sangat mungkin dirasakan. Ibarat ujaran bijak "Jika tangan kanan memberi, tangan kiri jangan sampai tahu". Ikhlas tidak untuk dipelajari dengan logika, melainkan dipraktikkan sepenuh hati.
    Terima kasih Prof. atas pencerahannya. Demikian dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  60. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP 2019

    Assalammualaikum
    Ikhlas mudah dalam pengucapan namun cukup sulit dalam pengaplikasian. Ikhlas artinya pasrah dan yakin kepada Allah setelah kita sudah melewati tahap berdoa, ikhtiar.
    Dan saat kita belajar matematika, secara tersirat matematika mengajarkan kita makna ikhlas, ikhlas tidak memiliki batas. Artinya saat kita sudah menanamkan sikap ikhlas pada diri kita. Maka tidak ada pernah rasa kecewa atau kecil hati pada proses bahkan hasil yg kita dapat.
    Matematika abstrak namun kandungan tersiratnya luar biasa, matematika itu mengajarkan arti sistematis, dan sistematis mengajarkan arti konsisten dan didalam konsisten terdapat keikhlasan
    artinya belajar mateatika belajar akan keikhlasan

    ReplyDelete
  61. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Matematika juga bisa dikaitkan dengan keiklhasan, namun tidak ada standar baku untuk mengukur ikhlas itu sendiri. Sejatinya urgensi iklas itu sendiri adalah iklhas yang tidak hanya diucapkan di bibir saja, namun jauh dari itu. Seperti surat AL Ikhlas yang di dalamnya tidak ada kata ikhlas itu sendiri.

    ReplyDelete
  62. Definisi ikhlas bisa dianalogikan dengan iman atau kepercayaan seseorang. Ikhlas paling dasar ada di hati, tanpa ada rasa yang janggal di sana. Kemudian ikhlas perkataan yang merujuk pada kejujuran yang dibicarakan tanpa menutupi adanya kebohongan. Akhirnya, ikhlas tingkat lanjut adalah ikhlas perbuatan atau perilaku yang sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Ukuran ikhlas sangat sulit dinyatakan karena ikhlas berasal dari rasa yang mendalam bukan dari buah pikiran yang berwujud angka atau diangkakan.

    Ikhsanudin (PEP-S3/19701261001)

    ReplyDelete
  63. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Bismillah, Didalam menjalani kehidupan ada yang dikatakan suatu prioritas atau kata lainnya adalah urgensi kehidupan. Seperti yang kita ketahui, bahwa Ikhlas adalah semata-mata untuk mendapatkan ridho Allah dan ikhlas bukan perkara ucapan dibibir melainkan hablu minallah yaitu hubungan kita langsung dengan Allah Ta’ala atau perkataan hati. Oleh karena itu kita belum sampai tahap tertinggi jika belum diuji keikhlasan dan kesabaran kita.

    ReplyDelete
  64. Muh. Asriadi AM
    19701251008
    PEP A 2019
    Dalam artikel ini saya mendapkan konsep bahwa bagi setiap orang iklas itu mirip ketika mendalami matematika. Ikhlas adalah bagian dari keimanan. Ikhlas sejatinya dimiliki oleh manusia setiap manusia, namu dalam pengamalanya dalm kehidupan sehari-hari itu sangat susah. Ikhlas letaknya di dasar hati, tingkatannya begitu mulia yang bisa mendekatkan diri pada Sang Maha Esa. Jika mengenai aksioma matematika yang katanya cukup rumit, butuh penalaran berkali-kali agar bisa mencapai tingkat paham begitu pula dengan ikhlas. Ikhlas membutuhkan latihan berkali-kali, sampai benar-benar mencapai tingkatan itu dengan gelar mukhlis yaitu orang yang ikhlas

    ReplyDelete
  65. M. Rais Ridwan
    19701261009
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

    Penalaran konsep transpormasi linear dalam penerapan konsep himpunan dengan cara logis dan termuat di dalamnya adalah objek keikhlasan dengan membentuk transformasi penghasil reduksi keikhlasan terdefinisi dengan jelas bahwa jika seseorang harus ikhlas seikhlasnya. Ikhlas dalam hati dan tanpa diketahui oleh seorang pun kecuali Allah Maha Melihat.

    ReplyDelete
  66. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terimakasih Pak Marsigit, artikel tersebut dapat menambah pengetahuan saya tentang kaitan ikhlas dengan matematika. Ikhlas dalam kehidupan sehari-hari saya rasa masih agak sulit untuk diterapkan. Terkadang mulut berucap ikhlas, namun pikiran masih memikirkan hal negatif lainnya yang menyebabkan hati merasa belum ikhlas. Sejatinya ikhlas tersebut dapat dikontrol dari pikiran kita. Jika kita berfikir yang positif insyaallah kita dapat melakukan sesuatu dengan rasa ikhlas seutuhnya.

    ReplyDelete
  67. Imroatus Syarifah
    19709251057
    Pend. Matematika D

    Matematika Ikhlas. Kata "matematika" saja sudah menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang, apalagi ditambah kata "ikhlas". Seperti yang kita tahu, "ikhlas" mungkin akan sangat mudah diucapkan, namun akan sangat sulit untuk dilaksanakan. Bahkan ketika kita merasa ikhlas dan mengatakan "saya ikhlas", berarti seseorang tersebut belum sepenuhnya ikhlas. Berdasarkan uraian Bapak di atas, yang dapat saya simpulkan adalah teori untuk Matematika Ikhlas adalah sangat kompleks. Manusia akan sulit untuk menjelaskan rumus matematika Ikhlas dengan mudah,karena sejatinya keikhlasan itu ada di hati, bukan hanya di teori.

    ReplyDelete
  68. Yogi Ageng Sri Legowo
    19706261008
    S3 Pendidikan Dasar 2019
    Assalamualaikum.

    Terbuka lagi cakrawala pengetahuan saya bahwa dapat dimungkinkan matematika masuk dalam ranah afektif. Kita tidak meragukan kevalidan matematika dalam menginterpretasikan kebenaran duniawi dengan matematikanya, namun mendiskripsikan sikap ikhlas dengan matematika merupakan sesuatu yang baru akan memberikan inspirasi akademisi untuk mengembangkan matematika di dimensi lain secara luas dan mendalam.

    ReplyDelete
  69. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete