Sep 25, 2017

*Matematika Ikhlas*


Oleh: Marsigit, UNY


*Togog*:
Ini serius Mar, apa bisa dibuatkan matematikanya _ikhlas_ ?

*Semar*:
Serius ? Jika serius maka matematikanya ya serius. Matematika yang serius itu matematika tingkat tinggi. Setinggi tinggi matematika itu ada 2 perkara: pertama, Aksioma sebagai kumpulan teori T tentang keikhlasan, kedua Bukti bahwa pada setiap teori T dapat ditemukan objek keikhlasan.

*Semar*:
Jadi yang dimaksud dengan Matematika Ikhlas adalah Teori T yang memuat Aksioma keikhlasan dan Teorema Keikhlasan, dimana selalu dapat diturunkan S, teorema teorema keikhlasan berikutnya, melalui definisi, yang memuat objek keikhlasan. Artinya selalu dapat diturunkan teori S dari teorema T. Disebut S reduksibel secara ontilogis dari T.

*Semar*:
Teori S dapat diturunkan dari Teori T, jika di dalam Teori S dapat ditemukan unsur unsur keikhlasan yang tidak didefinisikan atau unsur primitif keikhkasan dan terdapat anggota T yang memenuhi Teori S.

*Semar*:
Dari uraian di atas kita telah mempunyai rumus transformasi reduksi dari teori T menjadi teori S. Misal rumus itu adalah R, maka dapat ditulis R: T -----> S.

*Semar*:
Selanjutnya, di dalam trasformasi reduksi R, dapat ditemukan sifat sifat berikut. (1) Jika x anggota R adalah keikhlasan, maka x bersifat ada atau mungkin ada. (2) Jika p adalah nilai kebenaran x maka x ada jika x konsisten atau logis, (3) R bersifat tertutup, artinya setiap transformasi reduksi dari keikhlasan T selalu menghasilkan keikhlasan S. (4) Syarat perlu dan cukup benarnya x adalah bahwa x mewakili setiap keikhlasan yang ada.

*Semar*:
Prinsip Dasar: Misal i adalah bermacam macam cara logis kita dapat menentukan apakah suatu x anggota R bersifat ikhlas. Maka { x1, x2, x3, ..., xi} adalah himpunan dari keikhlasan keikhlasan. Maka kita dapat menemukan himpunan transformasi penghasil reduksi keikhlasan sebagai Tn = {t1, t2, t3, ... , ti}. i= 1, 2, 3, ..., n. Dari sifat ini, kita dapat mendefinisikan keikhlasan sbb:
1. x disebut ikhlas terhadap ti, jika ditemukan ti di dalam Tn, sedemikian sehingga ti memuat xi.
2. x disebut ikhlas dalam Tn, jika untuk setiap xi selalu dapat ditemukan Ti himpunan bagian dari Tn.

*Mbilung*:
Mar, Togog tidur.

*Semar*:
E lha tadi katanya minta serius?

*Mbilung*:
Kok sulit Mar?

*Semar*:
E itu baru pengantar. Saya terangkan untuk mahasiswa S2 saja kesulitan.

*Semar*:
Tulisan ini saya hadiahkan untuk Cucuku putri ke 3, yaitu Fiona Alfathunissa Tsaqif, yang alhamdulillah telah lahir dengan selamat tanpa kurang satu apa pada hari Jumat, 07 Juli 2017 (7717). Mohon doa restu semoga menjadi anak yang solehah berbakti kepada orang tua, berguna bag diri, keluarga, masyarakat, negara dan Agama. Aamiin.

END


191 comments:

  1. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Sebelum saya membuat komentar saya mengucapkan selamat atas kelahiran cucu pak Prof Marsigit, semoga menjadi putri yang sholehah yang berbakti kepada orang tua, nusa dan bangsa. Untuk mencapai ilmu ikhlas bukanlah suatu perkara yang mudah, misalnya ada sebuah ilustrasi ; "biasanya kita ke mesjid mengeluarkan sedekah sekitar Rp. 5000 namun kita bertekad untuk hari berikutnya kita ke mesjid harus mengeluarkan sedekah sebesar Rp. 10.000 maka pada hari pertama sampe beberapa hari berikutnya kita akan merasa selalu terfikirkan dengan uang yang kita keluarkan tersebut karena di hati masih belum bisa mersakan yang namanya ikhlas mengeluarkan sedekah yang lebih besar dari pada kebiasaan sebelumnya, namun apabila kita rutin melakukan hal tersebut maka lama-kelamaan kita tidak akan merasa terbebani atau terfikirkan lagi dengan jumlah nominal tersebut" artinya ilmu ikhlas bisa kita peroleh salah satunya dengan sifat membiasakan diri terhadap sesuatu hal. Tanda salah satu kita sudah mulai ikhlas adalah kita akan selalu merasa tenang, nyaman, dan senang apabila kita melakukan suatu perbuatan/tindakan.

    ReplyDelete
  2. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Selamat Pak atas kelahiran cucu bapak, semoga cucu bapak menjadi putri yang sholehah, menjadi penerus dakwah agama, berbakti kepada kedua orang tua, penyayang bagi sesama insan, dan berguna untuk nusa dan bangsa.
    Sulit untuk mengartikan kata ikhlas, apalagi iklhas dalam matematika atau keikhlasan dalam matematika. Sama seperti hal nya surah Al-Iklhas dalam Al-Quran, nama surah nya al-ikhlas tapi dalam bacaan surah tersebut tidak tertuliskan atau tidak terdapat kata "ikhlas" itu sendiri. Dari sini kita bisa menafsirkan, bahwasannya iklas itu hanya dapat dirasakan oleh hati nurani setiap insan itu sendiri. Kita tidak bisa menilai apakah seseorang tersebut iklas membantu, seseorang itu iklas memberi, atau lainnya. Allah Yang Maha Tahu, maka akan lebih baik jika segala sesuatu baik dari segi ilmu agama atau ilmu matematika kita iklaskan dan niatkan karena Allah SWT.

    ReplyDelete
  3. Aristiawan
    17701251025
    PEP 2017 B

    JIka boleh dikata, ada kemiripan antara matematika dan keikhlasan. Keduanya sama-sama berdiri sebagai bagian pokok, bukan cabang. Misalnya, dari matematika lahir ilmu fisika, statistika dan sebagainya. Sedangkan ikhlas sebagai bagian pokok, artinya ia menjadi hal mendasar dari setiap amal. Hadist dari Rasulullah menyatakan bahwa syarat diterimanya amal ibadah seseorang adalah niat yang ikhlas dan dilakukan sesuai apa yang dicontohkan Rasulullah. Sehingga keikhlasan menjadi bagian pokok dari setiap amal.

    ReplyDelete
  4. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Alhamdulillah, selamat atas kelahiran cucu Bapak, semoga menjadi putri sholelah yang dapat menjadi pelita bagi orang tua dan orang-orang disekitarnya menuju surga, Aamiin Ya Rabb. Menanggapi artikel ini, matematika sebagai suatu keikhlasan merupakan dasar yang kuat untuk mengimani bahwa ilmu juga merupakans berkah dari Allah. Suatu keikhlasan memiliki sifat-sifat lengkap sehingga sesuatu dapat dikatakan mencapai keikhlasan bila memiliki syarat2 tsb. Namun apabila satu atau beberapa sifat di reduksi, mungkin masih bisa dikatakan ikhlas, mungkin juga tidak. Ikhlas dan tidak, bukan hak kita untuk menilai dan menghakimi. Hati nurani adalah murni dan tidak dapat dimanipulasi. Kita berusaha untuk slalu ikhlas dalam menerima ilmu, ikhlas dalam membagi ilmu. Semoga ikhlas yang kita usahakan mencapai kelengkapan syarat sehingga dapat mencapai keikhlasan yang benar di sisi Allah SWT.

    ReplyDelete
  5. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Selamat atas kelahiran cucunya, Pak. Semoga menjadi anak yang sholehah yang menjadi penyejuk hati orang tua dan orang-orang disekitarnya, Amiin. Mengenai ikhlas, bukanlah sesuatu yang dapat dikuasai dengan mempelajari teorinya, Namun ikhlas bersumber dari hati dan iman yang murni sehingga sulit diukur, Karena walaupun seseorang mengatakan ia ikhlas hatinya belum tentu mengatakan hal yang sama. Oleh karena itu ikhlas adalah perkara manusia dan Penciptanya.

    ReplyDelete
  6. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    *Mbilung* "kok sulit Mar?" jawaban saya lebih sulit memprakteknya, ilmu tentang ikhlas mungkin bisa kita pelajari dmana saja dan kapan saja, namun mempraktekkan keikhlasan tidak semudah mempelajari ilmunya.
    Selamat kepada Prof. Marsigit beserta keluarga atas kelahiran anggota baru keluarganya, semoga menjadi anak yang diharapkan keluarga. Amin

    ReplyDelete
  7. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 Pend. Mat C 2017

    Sebelumnya, saya mengucapkan selamat kepada Bapak Marsigit beserta keluarga atas kelahiran anggota baru di keluarga, semoga menjadi anak sholehah, tumbuh menjadi anak yang pintar dan sehat. Aamiin

    Matematika ikhlas. Begitu mendengar dari judulnya, hal yang terlintas di benak saya adalah "sebagai guru matematika kita harus ikhlas dalam menyampaikan ilmu, ikhlas dalam memfasilitasi siswa, ikhlas dalam mendidik."
    memang seperti itulah yang harus dilakukan. walaupun memang sulit merealisasikannya, tetapi sebagai seorang guru memang kita dituntut untuk ikhlas. selalu mengingat bahwa pekerjaan (menjadi guru) adalah sebuah ibadah, dengan demikian setidaknya kiat dapat sedikit lebih ikhlas dalam mendidik siswa. Jika kita tidak ikhlas sebagai guru, maka hasilnya akan lebih banyak mengeluh. Begitu siswa tidak bisa sesuai ekspektasi, maka akan kecewa atau bahkan marah.
    mari bersama-sama menjadi guru yang selalu berusaha untuk ikhlas dalam mengajar dan mendidik siswa.

    ReplyDelete
  8. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Sebagai tambahan dari komentar saya di atas.

    setiap membicarakan keikhlasan saya selalu teringat dengan salah satu artikel yang ada di blog ini, yaitu Elegi menggapai hati kesatu. Dalam artikel itu disebutkan bahwa dalam perkataan kita pun pasti terdapat kontradiksi di dalamnya. Contoh yang nyata adalah kontradiksi terkait keikhlasan. Ketika kita melakukan sesuatu kemudian kita berkata "saya ikhlas", dalam perkataan kita tadi terdapat kontradiksi di dalamnya. Kita mengatakan ikhlas tetapi kita "tunjukkan" dan kita "umbar" keikhlasan kita ke orang lain.

    "Apakah orang Ikhlas, mengatakan ‘saya ikhlas?’ Ataukah orang gembira menyatakan 'saya gembira’.
    Perlukah pengukuhan pernyataan itu melalui ucapan bahkan jaman sekarang kadang melalui media sosial?
    Atau justru ungkapan itu ditujukan untuk hati masing-masing, agar menuju kepada keikhlasan dan kebahagiaan yg belum diraih?"

    semoga bisa menjadi renungan, khususnya untuk saya pribadi.

    ReplyDelete
  9. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251022

    Asalamualaikum. Wr. Wb
    Matematika dan Ikhlas kedua nya merupakan komponen utama di bidangnya. Matematika sering dikatakan sebagai mother of sains dan keiklasan merupakasn salah satu kunci diterima amal seseorang. belajar matematika sama halnya belajar ikhlas, harus berkosentrasi dan di barengi oleh kesungguhan. banyak orang menganggap matematika sulit, namun sesungguhk]nya kesulotasn itu hanya untuk mereka yang tidak mengikuti alur matematika sama halnya dengan ikhlas, belajar ikhlas itu juga dikatakan sulit ketika manusia belum benar2 rela melepakan apa yang menjadi nafsunya dan belum bisa menerima takdir yang memang sudah ditentukan untuknya. Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  10. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B

    Ikhlas merupakan kualitas tertinggi kemurnian hati, karena segala sesuatu yang dikerjakan karena dan hanya untuk Allah. Tepat sekali seperti yang dianalogikan oleh Semar bahwa ikhlas bagaikan matematika tingkat tinggi. Ikhlas selain sebagai penghambaan kepada Allah, ber-ikhlas juga sebagai kunci penting dalam hidup bahwa kita menerima qada dan qadhar kita sebagai hamba, bukankah ketenangan dalam hidup diperoleh setelah kita bisa menerima dan mensyukuri apa yang kita miliki. Namun, tidak semua orang dengan mudah ber-ikhlas, ada masih sulit ber-ikhlas, ada yang butuh waktu untuk ber-ikhlas.

    ReplyDelete
  11. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sebelumnya kami mengucapkan selamat atas kelahiran cucu perempuannya Pak, semoga menambah keceriaan dan kebahagiaan di dalam keluarga, dan semoga ananda menjadi putri yang sholehan. Mengenai dialog di atas, kami mendapati bahwa keikhlasan dapat diturunkan menjadi sifat-sifat keikhlasan dan suatu objek-objek keikhlasan (perbuatan) akan dikatakan ikhlas jika memenuhi sifat-sifat keikhlasan. Dan untuk sifat ikhlas sendiri saya lebih cenderung memahami bahwa suatu perbuatan dikatakan ikhlas jika hanya ditujukan untuk mendapat ridho dan rahmat dari Tuhan YME.

    ReplyDelete
  12. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Ikhlas adalah suatu hal yang sulit untuk diterapkan dalam kehidupan ini, meskipun terucap namun hati kadang belum ikhlas, bisa juga pikir yang belum ikhlas. Jika dimatematikakan maka ternyata ikhlas menjadi suatu lingkup yang luas sehingga untuk mengukur keikhlasan dilihat dari terpenuhinya syarat-syarat ikhlas seperti ikhlas hati, ikhlas pikir dan ikhlas ucap. Namun sesungguhnya ikhlas itu adalah ilmu tingkat tinggi dan ikhlas adalah hal yang sangat sulit didefinisikan bahkan diukur seperti halnya dalam Surat Al-Ikhlas yang tidak ada kata ikhlas di dalamnya.

    ReplyDelete
  13. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Ikhlas, kata yang memiliki definisi tertentu namun untuk mengukur perilakunya begitu sulit. Hal ini dikarenakan keikhlasan membutuhkan konsistensi waktu dan tertutup. Saya melihat dari sisi keilmuwan yang mencoba untuk menjawab makna ikhlas begitu terselubung satu dengan yang lain. Namun, apakah sejatinya saat kita mengatakan sudah ikhlas terhadap sesuatu, dapat benar-benar dikatakan ikhlas, atau apakah ikhlas itu tidak dapat dinyatakan dalam ungkapan. Selama ini saya memaknai ikhlas sebagai sesuatu yang abstrak, yang mana Sang Pencipta yang maha tahu akan segalanya baik itu untuk sikap ikhlas itu sendiri.

    ReplyDelete
  14. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Keihklasan dalam matematika bisa dikatakan sebagai tak terhingga. Karena sesungguhnya keihklasan tidak memiliki batas seperti bilangan antara 2 dan 10 yang memiliki batas yaitu angka 2 dan 10. Dari al Quran juga dapat kita lihat. Jika kita buka QS Al Ikhlas pada jus 30, silahkan dibaca sampai beberapa kali. Jika ada kata ikhlas disitu maka saya percaya bahwa ikhlas itu terbatas. Namun, jika tidak ini membuktikan bahwa keihlasan sesungguhnya sesuatu yang tidak tampak secara dzohir. Sehingga keikhlasan itu sebenarnya ada namun tidak bisa diungkapkan. Seperti halnya bilangan real terbesar sebenarnya ada namun kita tidak bisa mengungkapkannya. Karena dari bilangan yang kita sebutkan ada bilangan lain yang lebih besar. Jadi, keikhlasan jika ditampakkan secara dzohir, sesungguhnya itu bukanlah ikhlas melainkan lebih ke riya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  15. Junianto
    PM C
    17709251065

    Pertama, saya ucapkan selamat atas kelahiran cucu Prof dan semoga menjadi anak yang solehah berbakti kepada orang tua, berguna bag diri, keluarga, masyarakat, negara dan Agama. Aamiin.
    Saya mencoba mengomentari postingan Prof ini dari sudut pandang yang lain. Melihat matematika ikhlas yang Prof katakana bahwa mahasiswa S2 saja tidak paham mengenai hal itu. Secara implisit hal ini menunjukkan bahwa ilmu ikhlas itu bisa dikatakan ilmu tingkat tinggi. Bahkan seseorang yang sudah memahami agama secara menyeluruh pun belum tentu bisa mengamalkan ilmu ikhlas. Ikhlas itu tidak kelihatan, tidak butuh pengakuan, tidak butuh ijazah, dan tidak membutuhkan apapun kecuali ridho-Nya. Bahkan dalam surat Al-Ikhlas pun tidak ada kata “ikhlas” dalam ayatnya, mungkin ini juga menunjukkan bahwa Ikhlas tidak butuh pengakuan.

    ReplyDelete
  16. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Kelahiran baru, kehidupan baru. Kelahiran (Born) akan berjalan dan berkembang hingga kematian (Die), namun di antara keduanya terdapat banyak pilihan (Choice), kehidupan hendaknya dapat memilih secara bijak. Selamat atas kehadiran cucu Prof Marsigit, semoga senantiasa diberi hidayah dalam setiap langkah di kehidupannya, dapat bermanfaat bagi agaman, nusa, bangsa, dan agama. Aamiin
    Jika postingan atasnya merupakan paparan mengenai matematika ibadah, postingan ini tidak kalah menarik yakni membahas mengenai matematika ikhlas. Prof Marsigit telah membuat formulasi keikhlasan dalam matematika yang menurut sebagian pembaca termasuk saya merupakan sesuatu yang baru. Ikhlas dikorelasikan dengan konsep relasi serta fungsi dalam matematika, untuk lebih umumnya dikaitkan dengan konsep himpunan. Masih terbuka kemungkinan untuk mengaitkan konsep ikhlas dengan konsep lain di matematika, semoga postingan ini mengispirasi dan muncul pengaitan-pengaitan lain matematika dan konsep religiusitas. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  17. Saya pernah mendengar dari seorang ustadz bahwa keihlasan mensyaratkan sabar dalam pelaksanaannya. Jika kita ingin belajar ikhlasa maka kita harus dapat menguasai konsep kesabaran terlebih dahulu. Mungkin dapat menyambung dalam implikasi keikhlasan, "Jika seseorang mampu bersabar, maka peluang untuk ikhlas semakin besar". Keihlasan ytang telah dikaitkan dengan matematika ini harusnya lebih mengispirasi guru matematika untuk ikhlas dalam membimbing siswa, jika diterapkan implikasi tersebut, maka antesedennya haruslah terpenuhi terlebih dahulu, sehingga guru-guru matematika haruslah belajar bersabar dalam menghadapi murid-muridnya, dengan demikian dalam menapaki jalan menuju keikhlasa guru yang sabar telah unggul satu langkah. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  18. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Memberi tanpa pertimbangan itulah yang dinamakan sebuah keikhlasan.Tuhan tak pernah berharap kita memberi banyak tapi yang penting ikhlas.Seperti sebuah ungkapan” sedikit demi sedikt lama-lama menjadi bukit.Mendengar penjelasan tentang matematika terkait filsafat, anaknda mau bertanya ,Apakah perbedaan antara postulat dan definisi di dalam filsafat?mohon pencerahannya Pak. Dan buat cucunya bapak yang bernama Fiona Alfathunissa Tsaqif yang lahir pada hari Jumat, 07 Juli 2017 (7717),semoga menjadi wanita yang sholehah,menjadi anak yang berbakti kepada keluarga terutama bagi kedua orang tuannya, dan juga menjadi kebanggan bagi agama, bangsa dan negara.Aminn.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  19. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Sebelumnya saya mengucapkan selamat kepada bapat atas lahirnya cucu dikeluarga besar bapak, semoga menjadi anak Sholehah dan tumbuh menjadi anak yang sehat. Amin
    Dari judul postingan diatas merupakan matematika ikhlas. Dari judulnya saja sudah membuat penasaran dan terlintas bahwa ilmu matematika dan keikhlasan berhubungan satu dengan yang ;ain, apalagi keinkhlasan menjadi seorang guru matematika yang menyampaikan ilmu dengan baik dan ikhlas kepada peserta didiknya. Guru harusnya lemabh lebuh dan penuh keikhlasan dalam mengajar dan mendidik siswa. Sehingga sabar dalam membimbing siswa sehingga siswa senang dan gembira dalam matematika.

    ReplyDelete
  20. Sungguh bahkan ikhlas pun dapat dibuatkan matematikanya. Dalam matematika tinggkat tinggi terdapat aksioma, bukti, objek, teori, teorema, kajian teori yang diturunkan dari teori sebelumnya, rumus transformasi reduksi, dan yang kesemuanya berhubungan.kemudian terbentuklah sebuah defenisi dari keikhlasan itu sendiri.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  21. Sesunguhnya matematika yang tersulit itu adalah matematika keikhlasan. Semoga kita semua mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
    BAik hubungan kepada Allah SWT, sesama manusia, ciptaan Allah lainnya, serta diri sendiri.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  22. Atik Rodiawati
    17709251025
    PPS Pendidikan Matematika B 2017

    Matematika di masyarakat awam seringkali dianggap jauh dari kehidupan mereka. Mereka kerap kali mengganggap Matematika kumpulan rumus-rumus tanpa arti yang hanya empat operand saja yang berguna yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Artikel Matematika Ikhlas ini adalah salah satu contoh untuk pembaca yang masih awam akan matematika dalam menyadari bahwa struktur matematika selaras dan sejalan dalam semua bagian kehidupan manusia dan dalam artikel ini dibahas tentang matematikanya ikhlas. Ikhlas ini ada diantara hati dan pikiran, ikhlas juga ada diantara do’a dan ikhtiar.
    Rumus transformasi reduksi sesuai artikel ini adalah R : T ----> S. R adalah adalah rumus kehidupan ini yaitu rumus keikhlasan. T adalah aksioma keikhlasan yakni sumber ikhlas itu berasal yakni dari hati yang beriring dengan do’a. S adalah teorema keikhlasan yang berisi anggota-anggota x keikhlasan yakni ikhtiar yang dikontrol oleh pikiran. Nilai kebenaran keikhlasan bergantung pada kekonsistenan manusia untuk selalu senatiasa ikhlas dalam setiap lini kehidupannya. Sifat R yang tertutup menunjukkan tidak ada ikhtiar yang dikontrol oleh pikiran yang dapat mengendalikan hati yang beriring dengan do’a, melainkan yang ada adalah sebaliknya.

    ReplyDelete
  23. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Ikhlas adalah sikap yang harus dan senantias diusahakan oleh setiap manusia. Ketika berusaha membuktikan ikhlas dengan matematika, maka ilmunya menjadi ilmu tingkat tinggi. Yang memahaminya mendekatinya dengan cara menggunakan aksioma matematika. Menggunakan teori transformasi, reduksi dan pembuktian lainnya. Yang intinya sebenarnya ikhlas itu juga ilmu tingkat tinggi, kita hanya bisa senantiasa menggapai ikhlas itu sendiri. Karena sesungguhnya iklhas sejatinya ilmu ikhlas adalah milik Allah. Itu juga seharusnya menunjukkan kepada kita bahwa seberapapun kita berusaha mencapai ilmu Allah, kita tidak akan Sanggup. Ibarat ilmu itu lautan, ilmu kita hanya setetes airnya saja. Semoga kita menjadi pribadi-pribadi yang berjuang menggapai keikhlasan dalam segala aktifitas kita.

    ReplyDelete
  24. Riandika Ratnasari
    17709251043
    Pascasarjana Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Selamat atas kelahiran cucu bapak yang ke 3. Semoga menjadi anak yang berbakti kepada Allah, orang tua, nusa dan bangsa. Menanggapi tentang tulisan bapak tentang "Matematika Ikhlas", menurut saya itu merupakan suatu kata yang sulit untuk dijalani. Matematika sendiri dianggap banyak orang sebagai suatu pelajaran yang sulit. Ikhlas merupakan tindakan yang kita lakukan dalam mengahadapi suatu keadaan. Ikhlas juga tidak dapat diliat tapi hanya bisa dirasakan oleh hati nurani kita. Matematika yang sudah rumit dapat dihubungkan dengan keikhlasan dan saya merasa kesulitan dalam mengartikan dialog diatas.

    ReplyDelete
  25. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Selamat kepada bapak atas lahirnya cucu yang ke3, semoga cucu bapak menjadi anak yang solehah dan menjadi aset yang paling berharga.

    Keikhlasan merupakan salah satu dasar dalam beribadah, tanpa keikhlasan akan sia-sia saja semua ibadah yang telah kita lakukan. Seperti halnya matematika, keikhlasan membutuhkan keseriusan dalam setiap pelaksanaanya. Keikhlasan harus dipelajari, supaya kita tahu keikhlasan yang sebenar-benarnya. Keikhlasan harus secara konsisten dilaksanakan. Keikhlasan mudah di ucapkan namun sulit untuk dilaksanakan. Walau kita sudah serius, walau kita sudah berilmu, belum tentu mencapai keikhlasan yang sebenar-benarnya. Semoga kita dapat melaksanakan setiap kegiatan ibadah dengan ikhlas sebenar-benarnya ikhlas.

    Wassalamualaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  26. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Ilmu yang luar biasa untuk menyabut kelahiran cucu bapak. Selamat, semoga menjadi anak yang sholehah.

    Alhamdulilah, bertemu hal baru lagi diriku ini. Dari tulisan di atas, adalah terpana, terkejut, dan bingung yang mulanya ku dapatkan. Dari sini. Dari sini. Dimulai ini. Dimulai ini. Nah sejak inilah aku bingung. Sejak inilah aku berpikir keras. Sejak ini:

    "Serius ? Jika serius maka matematikanya ya serius. Matematika yang serius itu matematika tingkat tinggi. Setinggi tinggi matematika itu ada 2 perkara: pertama, Aksioma sebagai kumpulan teori T tentang keikhlasan, kedua Bukti bahwa pada setiap teori T dapat ditemukan objek keikhlasan"

    Bagiku ini benar-benar baru. Ini benar-benar sulit untuk menjadi hal yang kupahami saat ini. Dan mungkin inilah jawabannya, bahwa ikhlas itu adalah ketercapaian yang sulit. Bismillah, mari kita berusaha, mari kita berdoa.

    ReplyDelete
  27. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    S2 PEP Kelas B 2017

    Saya ucapkan selamat atas kelahiran cucu dari Prof. Marsigit, semoga seantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Menanggapi tulisan ini, ikhlas sejatinya tindakan tanpa mengharapkan balasan atas segala perbuatan kita. Betapa luar biasanya ilmu pengetahuan dapat meninterupsi segala tindakan yang kini semakin surplus obsesi namun defisit keikhlasan.

    ReplyDelete
  28. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Ikhlas merupakan suatu kata kerja yang sangat sulit untuk dapat diukur. Bahkan diri yang melakukannya pun tidak bisa menilainya apakah dirinya sudah ikhlas atau kah belum. Yang dapat menilai kesungguhan ikhlas hanya lah Allah SWT. Jika diri yang mampu menilai bahwa dirinya betul-betuk ikhlas, berhati-hatilah akan ada syaitan yang menghasut. Bisa jadi itu awal dari sifat kesombongan yang syaitan bisikkan.

    Setinggi-tinggi matematika ada dua perkara. Pertama sekumpulan keikhlasan yang dapat diterima sebagai kebenaran tanpa pembuktian. Karena cukup Allah yang mengetahui kebenaran ikhlas setiap manusia. Kedua bukti bahwa disetiap keikhlasan terdapat objek dari keikhlasan tersebut.

    Selamat Pak atas kedatangan anggota baru dalam keluarga yang Insya Allah selalu dalam lindungan Allah SWT. Semoga doa yang Bapak panjatkan terkabul. Amin.

    ReplyDelete
  29. Selamat atas kelahiran cucu ke-3 nya. Semoga Allah memberikan hidayahnya kelak kepada Ananda, agar bisa menjadi anak yang berbakti kepada orangtua, bermanfaat bagi keluarga, bangsa dan Negara, serta Agamanya. Amiin.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  30. Devi Nofriyanti
    17709251041
    Pps UNY P.Mat B 2017

    Sungguh pengantarnya luar biasa pak. perlu meresapi setiap kata yang Bapak jelaskan dan itupun masih belum paham.

    Any way, selamat untuk kelahiran cucu ketiganya Pak..
    Semoga menjadi anak yang sholehah dan patuh terhadap orang tua, dan menjadi penyejuk dalam keluarga dan lingkungan sekitar. Aamiin

    ReplyDelete
  31. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B (S2)

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.
    sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat atas kelahiran cucuk bpk, semoga menjadi anak yg sholehah. Aamiin..

    Berbicara tentang ikhlas sangatlah penting untuk dipelajari, karena dikehidupan sehari-hari kita di perintahkan untuk selalu ikhlas terhapa apa yang terjadi dalam hidup kita. Ketika memaknai dari kata ikhlas sangat lah sulit untuk di ungkapkan, terkadang kita berkata ikhlas tetapi hati, pikiran dan sikap kita tidak sejalan dengan memaknai ikhlas itu sendiri, bisa dikatakn kita ikhlas tetapi selalu diungkapkan terus menerus, bukan kah ikhlas itu seharusnya tersembunyi, seperti surah Al ikhlas yg di dalam ayat nya tdk ada mengandung kata ikhlas. ketika kita ikhlas seharusny hati, pikiran dan sikap lah yang selayaknya di tunjukkan kepada sang pencipta sehingga kita bisa memahami bagaimana ketika ikhlas itu sudah kita tanamkan dari diri kita.

    ReplyDelete
  32. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Untuk mempelajari ilmu pengetahuan membutuhkan keikhlasan baik keikhlasan pikir maupun keikhlasan hati. Dengan keikhlasan akan mempermudah seseorang untuk belajar dan memahami suatu ilmu pengetahuan serta realita. Saya lebih memahami keikhlasan pada artikel Pak Marsigit yang lain yaitu dengan perumpamaan x^0=1. X adalah sebarang orang, dengan keikhlasannnya 0, akan menuju kuasa Allah SWT (1).

    ReplyDelete
  33. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Iklhas sebenarnya ada dalam konsep matematika. Contohnya saja, menafkahkan sebagian harta di Jalan Allah. Terkadang memang terasa berat dibandingkan dengan menafkahkan sebagian harta di jalan maksiat. Karena itu Allah SWT memberikan balasan pahala yang besar sebesar 700 kali lipat bahkan hingga jumlahnya tak terhingga. semakin besar harapan si pemberi akan mendapat balasan dari selain Allah maka akan semakin kecil nilai balasan yang akan diperoleh secara nyata. Sebaliknya, semakin kecil harapan si pemberi akan mendapat balasan dari selain Allah, maka akan semakin besar nilai balasan yang akan diperoleh secara nyata. Besar kecilnya harapan kepada selain Allah itu dalam ajaran Islam disebut ikhlas Karena itu pula ikhlas tidak didasarkan kepada ucapan si pemberi, misalnya: "saya beri dengan ikhlas" sebab yang tahu pemberian itu ikhlas atau tidak, hanyalah Allah dan si pemberi. Yang menjadi tolok ukur keikhlasan dalam berbagi kepada sesama adalah niat, dan niat itu ada dalam hati sehingga tiidak bisa direkayasa dengan ucapan seolah-olah ikhlas.

    ReplyDelete
  34. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Selamat pak atas lahirnya Fiona Alfathunissa Tsaqif, semoga menjadi perempuan yang sholehah lagi cerdas seperti namanya "tsaqif". Aamiin.

    Postingan "Matematika Ikhlas" ini secara tidak langsung menyampaikan kepada kita pentingnya keikhlasan dalam setiap langkah atau keputusan yang kita ambil. Dari keikhlasan-keikhlasan yang ditanamkan dalam diri, akan menumbuhkan keikhlasan lainnya, dan begitu seterusnya. Seperti penjelasan reduksi keikhlasan ini,
    "di dalam trasformasi reduksi R, dapat ditemukan sifat sifat berikut. (1) Jika x anggota R adalah keikhlasan, maka x bersifat ada atau mungkin ada. (2) Jika p adalah nilai kebenaran x maka x ada jika x konsisten atau logis, (3) R bersifat tertutup, artinya setiap transformasi reduksi dari keikhlasan T selalu menghasilkan keikhlasan S. (4) Syarat perlu dan cukup benarnya x adalah bahwa x mewakili setiap keikhlasan yang ada". Semoga kita selalu dalam keadaan ikhlas menjalankan apa yang sudah pilih dalam kehidupan ini. Aamiin

    ReplyDelete
  35. Semoga kita semua bisa bermatematika dengan serius. Tidak hanya merumuskan, tetapi jalankan segera.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  36. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C


    Iklhas walaupun mempunyai hubungan manusia dengan manusia dan manusia dengan Tuhannya namun yang di perhitungkan hanya hubungan manusia dengan manusia, hubungan antara manusia dengan Tuhannya tidak bisa dan tidak perlu diperhitungkan, karena sudah bukan pada porsinya. Untuk memudahkan keikhlasan bisa kita gunakan persamaan dasar matematika, kita ibaratkan ikhlas adalah angka 0, kenapa? karena mudah dalam implementasinya. Angka 0 Kalau kita kalikan dengan berapapun nilainya hasilnya 0, angka 0 kalau kita bagi dengan bilangan berapapun hasilnya tak terhingga atau keberkahan, karena dudukan keberkahan adalah tak terhingga tidak ada yang tahu berapa nilainya.

    ReplyDelete
  37. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    Alhamdulillah, selamat atas lahirnya cucu bapak.
    Dari postingan ini saya belajar bahwa ikhlas itu adalah hal yang harus kita usahakan kehadirannya. Kita perbanyak praktiknya, karena teori ikhlas mungkin sulit untuk dijabarkan namun sangat baik untuk diamalkan. Terimakasih

    ReplyDelete
  38. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs Pend Mat B 2017

    Matematika Ikhlas yang serius memuat konten pendalaman yang sangat mendalam. Ketika dalam defenisi serius maka membutuhkan daya nalar yang tinggi. Teori keikhlasan dan bukti bahwa setiap keikhlasan mempunyai objek keikhlasan menempatkan daya pikir tinggi. Namun pada hakekatnya setiap keikhlasan mempunyai sifat-sifat keikhlasan yang harus dipenuhi untuk mencapai sebuah keikhlasan.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  39. Vidiya Rachmawati

    Saya ucapkan selamat atas kelahiran cucu ketiga Prof. Marsigit. Semoga menjadi putri yang sholiha dan menjadi penyejuk pandangan bagi orangtuanya. Aamiin. Berkaitan dengan artikel yang ditulis Prof. Marsigit tentang Matematika Ikhlas di atas, saya ingin menyampaikan pendapat terkait artikel tersebut. Menurut saya Ikhlas adalah ilmu tingkat tinggi yang memang sulit untuk dipahami dan diaplikasikan. Terkadang kita sudah "merasa" ikhlas ketika memberikan sesuatu. Namun, ternyata dengan "merasa" itu sendiri bisa jadi kita tidak ikhlas karena mengingat apa yang telah diberikan. Pun demikian halnya ketika kita mendapat suatu hal kemudian berusaha untuk ikhlas menerima. Dalam perjalanan penerimaan itu seringkali kembali "merasa" sudah ikhlas. Namun, ternyata belum sepenuhnya ikhlas. Nah, cukup rumit bukan. Oleh karena itu matematika ikhlas merupakan matematika tingkat tinggi yang sulit dipahami.

    ReplyDelete
  40. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Berbicara masalah keikhlasan, menurut saya Ikhlas dan menyerah itu sesuatu yang berbeda tetapi sama. Ikhlas menurut pandangan saya adalah saat kita sudah berikhtiar dalam suatu hal, tetapi hasil yang diinginkan tidak sesuai dengan harapan. Jika kita tidak mengeluh dan tetap mensyukuri apa yang kita peroleh tersebut maka itulah yang dinamakan ikhlas. Sedangkan Menyerah adalah saat kita tidak berusaha dan dan kita berkata "saya ikhlas dengan apapun yang akan terjadi"

    ReplyDelete
  41. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Assalamualaikum wr.wb.
    Terimakasih prof. Marsigit atas tulisan di atas. Bagi saya, tidaklah mudah untuk memahaminya karena saya harus membacanya berulang kali. Namun, satu yang dapat saya tangkap dari tulisan di atas adalah jika suatu keikhlasan diibaratkan seperti matematika, maka dapat diturunkan menjadi teorema-teroma keikhlasan yang lain. Artinya, apabila kita melakukan satu perbuatan dengan hati yang tulus dan tidak mengharap imbalan apapun dari siapapun, tentulah akan berpengaruh terhadap perilaku-perilaku kita yang lain sebagai akibat dari efek berbuat ikhlas tersebut. Ikhlas adalah suatu perbuatan abstrak dan tersirat yang tidak tampak, mudah diucapkan namun sulit dilakukan. Suatu perbuatan disebut ikhlas, apabila ditemukan unsur ridho dari yang melakukannya. Dengan demikian sang pelaku memiliki sifat ikhlas didalam dirinya yang hanya diketahui oleh dia dan Tuhannya. Semoga kita menjadi manusia-manusia yang ikhlas dalam melakukan segala hal, tanpa suka menggerutu dan mengeluhkan apa yang telah menjadi ketetapanNya.

    ReplyDelete
  42. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Sebelumnya saya ingin mengucapkan aamiin untuk doa untuk cucu Bapak. Berbicara mengenai ikhlas, ilmu ikhlas merupakan ilmu yang lain daripada yang lain. Hal ini karena orang yang merasa sudah memiliki ilmu ikhlas boleh jadi telah kehilangannya pada saat yang sama. Orang yang mengklaim menguasainya dengan mahir, berarti dia tak bisa menguasainya. Dan orang yang mengaku-aku bisa mengajarkannya adalah orang yang masih perlu belajar lagi tentangnya.

    ReplyDelete
  43. Insan A N/ PPs S2 PM C 2017
    Bismillah
    Matematika memang sangat luas dalam kehidupan, bahkan matematika ikhlas pun sangat ada menggunakan konsep transformasi dan relasi. Ikhlas secara konkret sulit didefinisikan dengan jelas, karena yang mengtahui ikhlas adalah masing-masing personnya.Seperti dijelaskan tadi, bahwa i bergantung pada masing-masing orang. Sehinnga tinggal bagaimana cara kita mentransformasikan dan merelasikan ke orang lain tentang keikhlasan kita.

    ReplyDelete
  44. Eka Luthfiana Lathifah
    PPs S2 PM C
    Assalamualaikum wr. wb
    sebelumnya saya ucapkan selamat atas kelahiran cucu bapak, semoga menjadi putri yang sholihah, berbakti kepada orang tua, berguna bagi nusa dan bangsa, aamiin.
    ikhlas, merupakan satu kata yang simpel namun sangat sulit untuk mempraktikannya, karena pada dasarnya manusia itu memiliki sifat pamrih. tidak ada yang dapat mengetahui perbuatan seseorang itu ikhlas atau tidak.

    wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  45. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Dari postingan bapak, saya tertarik dengan judulnya. Penjelasan yang sangat rinci tersebut ternyata hanya baru sebagai pengantar. Semar: “E itu baru pengantar. Saya terangkan untuk mahasiswa S2 saja kesulitan”. Saya langsung tertawa. Hehe. Kalau menurut saya, ikhlas itu adalah suatu perbuatan yang harus ada buktinya. Jadi tidak hanya berkata “saya ikhlas” dari mulutnya tetapi juga harus dari hati. Saya juga teringat dengan film “Kiamat Sudah Dekat” dimana aktor utama disuruh mencari arti ikhlas, dari mencari buku yang tertulis ikhlas hingga papan nama masjid “Al Ikhlas” juga diambil. Tetapi pada akhir cerita, tanpa disadari, tokoh utama pun bertindak sangat ikhlas ketika melihat perempuan yang disuka menikah dengan orang lain.

    Selamat untuk Bapak marsigit yang telah memiliki cucu ke 3. Semoga do’a dan harapan dari sebuah nama yang diberikan dapat terwujud. Amiin

    ReplyDelete
  46. Latifah Pertamawati
    17709251026
    S2 PM B

    Bismillaah..
    Selamat atas kelahiran cucu bapak yang ke-3, semoga cucu bapak bisa menjadi anak yang solehah berbakti kepada orang tua, berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, negara dan Agama. Aamiin.

    Selanjutnya, mengenai kata ikhlas. Ikhlas, adalah satu kata yang mudah diucapkan, tetapi sulit dilakukan. Ikhlas, sebuah kata yang sering diucapkan, akan tetapi tidak mudah untuk dibayangkan. Seseorang disebut ikhlas jika dia bisa memenuhi kriteria keikhlasan. Apa saja kriteria keikhlasan itu? Tentu saja, seperti biasa, relatif. Menurut saya kriteria-kriteria tersebut sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Sulit sekali bagi saya untuk melihat apakah sebenarnya saya sudah ikhlas atau belum. Namun, yang saya tau, jika kita sudah berusaha ikhlas, walaupun terdapat setitik rasa ketidakikhlasan di dalam pikiran kita, lama-kelamaan rasa itu akan lebur seiring berjalannya waktu.

    Luar biasa sekali bapak bisa menjelaskan konsep Ikhlas secara matematis. Mungkin, beberapa dari kami kurang paham secara mendalam akan penjelasan bapak tersebut, tetapi Insya Allah penggambaran bapak mengenai ikhlas dalam bentuk rumus R: T -----> S dapat mewakili pemikiran kami mengenai apa itu ikhlas. Semoga kita semua termasuk golongan yang senantiasa berusaha untuk ikhlas terhadap apapun ketentuan Nya. Aamiin.

    ReplyDelete
  47. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Pertama saya turut mendoakan semuga cucu ketiga Prof. Marsigit menjadi putri yang sholehah dan nantinya akan senantiasa menjadi orang yang selalu menebar manfaat untuk orang lain dan lingkungan sekitarnya. Matematika ikhlas, satu bahasan yang menurut saya menarik. Ijinkan saya berpendapat menurut sudut pandang saya. Layaknya Matematika yang tidak dapat dipungkiri bahwa bagi sebagian orang dianggap sebagai sesuatu yang sulit dipahami, begitu juga dengan ikhlas. Tidak mudah memahami apa itu ikhlas dan bagaimana ikhlas itu dilakukan. Ikhlas itu perkara hati, maka sebenar-benar yang mengetahui keikhlasan seseorang tentu hanyalah Allah yang menguasai hati setiap manusia.
    Seseorang bisa saja mengatakan ikhlas, namun siapa yang mengetahui apa sebenarnya yang ada di dalam hati dan pikirannya, kecuali Allah dan orang itu sendiri. Bahkan orang yang merasa dirinya sudah ikhlas, bisa jadi ia hanya terjebak dalam jebakan filsafat, dan sesungguhnya ia belum benar-benar ikhlas.

    ReplyDelete
  48. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Selamat atas kelahiran cucu bapak, semoga menjadi anak yang solehah, berbakti kepada orang tua, berguna bagi keluarga, negara, dan agama.
    Sulit untuk mengerti ilmu ikhlas, sulit untuk mengerti arti kata ikhlas. Mungkin, ikhlas hanya dapat dirasakan oleh hati nurani individu itu sendiri. Ikhlas memanglah sangat penting, terutama untuk mendapatkan ridho Allah.SWT. Sebaiknya segala sesuatu baik ilmu matematika, ilmu agama atau ilmu apapun yang dipelajari semuanya diniatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah.SWT.

    ReplyDelete
  49. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Ikhlas akan menimbulkan rasa nikmat dalam belajar. banyak yang susah belajar matematika, menurut saya bukan karena mereka tidak bisa, akan tetapi mereka sudah menerima beberapa pendapat dari luar yang menyatakan matematika itu susah. jadi mereka sudah antipati terlebih dahulu dengan hal tersebut. padahal jika mereka dapat ikhlas dalam belajar matemtika ini karena tau kegunaannya dalam kehidupan seperti yang dicontohkan dalam ilurtrasi ini, saya yakin banyak orang yang akan mulai menikmati belajar matemtika. dan jika seseorang sudah menikmati matematika, maka belajar matemtika adalah hal yang menyenangkan dan mudah bagi mereka.

    ReplyDelete
  50. Gamarina Isti Ratnasari
    Pendidikan Matematika Kelas B (Pasca)
    17709251036



    Dalam matematika terdapat dua perkara yaitu aksioma (kumpulan teori tentang keikhlasn) dan bukti (di mana setiap teori dapat ditemukan objek keikhlasannya). Ikhlas dapat dimaknai sebagai memurnikan niat terhadap tujuan yang akan diwujudkan. Tentu saja ikhlas harus diikuti dengan lapang dada, menerima segala yang terjadi pada diri kita, tidak menjadikan kita lemah justru ikhlas akan menjadikan kita menjadi pribadi manusia yang kuat. Ikhlas juga dapat dimaknai dengan tidak adanya tendensi pada pikiran bahwa suatu saat kegiatan atau amalan yang kita lakukan akan dibalas. Hal itu dapat menjadikan diri kita menjadi pribadi yang tidak ikhlas. Oleh karena itu untuk menjadi pribadi yang ikhlas salah satu caranya adalah selalu berpikir positif bahwa segala apa yang terjadi pada diri kita merupakan kejadian yang paling baik yang dipilihkan Tuhan untuk kita. Diakhir komen ini saya ingin mengucapkan selamat atas kelahiran cucu Bapak , semoga menjadi anak solehah, berguna bagi dirinya, keluarga, masyarakat, nusa dan bangsa. Aamiin.

    ReplyDelete
  51. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Alhamdulillah selamat atas kelahiran cucu barunya pak, keponakan saya lahir sehari setelah cucu bapak lahir juga lho pak, 8 juli 2017 (8717) hehe
    Mengenai artikel diatas, matematika dapat dijadikan sebagai ratu pengetahuan serta sebgai pelayan ilmu. Tidak hanya ilmu science saja yang dilayaninya, melalui artikel ini saya mengetahui bahwa matematika juga melayani ilmu ikhlas, yang mana seperti dituliskan dalam artikel tersebut bahwa secuil teorema tadi adalah baru pengantarnya saja belum masuk ke intinya.

    ReplyDelete
  52. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    ikhlas merupakan ilmu yang belum semua orang kuasai, termasuk saya juga. terkadang ketika melakukan sesuatu, tanpa sadar hati kecil mengharap imbalan. Padahal ada yang mengatakan bahwa ikhlas itu ketika tidak mengharapkan imbalan. Ada juga yang mengatakan bahwa ikhlas itu seperti surat Al Ikhlas, yang mana tidak terdapat kata ikhlas sama sekali dalam surat tersebut. Semoga menjadi bahan renungan pribadi saya untuk lebih belajar ikhlas.

    ReplyDelete
  53. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Selamat atas kelahiran cucu bapak. Semoga menjadi anak yang sholehah, berbakti pada orang tua, dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Amin.

    Mengenai bacaan matematika ikhlas diatas saya sendiri sebagai mahasiswa S2 kesulitan memahami aksioma dan teorema keikhlasan. Bahkan saya sendiri kesulitan mendefinisikan ikhlas. Ketika kita melakukan sesuatu dan kita mengatakan bahwa kita ikhlas, bisa jadi saat itu hilang pula keikhlasan kita. Karena ikhlas itu perkara hati yang tidak bisa semata-mata kita pikirkan. Maka yang dapat kita lakukan sebagai manusia adalah senantiasa berusaha untuk ikhlas dan menjadi kuasa Allah Swt untuk melihat apakah kita benar-benar ikhlas atau tidak. Semoga kita senantiasa dimudahkan untuk ikhlas dalam melakukan segala hal. Amin.

    ReplyDelete
  54. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Menarik sekali pak, banyak sekali hal yang seringkali kita tidak ikhlas dalam menjalaninya, ikhlas bersumber dari hati, kemudian dilakukan dalam bentuk perbuatan. Namun, sering dalam melakukan sesuatu, kita berkata bahwa saya ikhlas, nah itu bisa disebut tidak ikhlas. Namun ada juga bentuk keikhlasan yang perlu diperlihatkan, misal dalam bersedekah dan sekaligus memberi contoh agar orang lain melihat sedekahnya maka orang lain juga akan ikut bersedekah, itu diperbolehkan asal niatnya lillahita’ala.

    ReplyDelete
  55. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Sebelumnya saya ucapkan selamat Prof atas kelahiran cucunya. Semoga menjadi anak yang berguna bagi agama dan negera, Amiin.
    Ikhlas adalah hal tidak mudah bagi manusia pada umumnya. Islam selalu memangajarkan umatnya agar ikhlas dalam segala hal namun tidak semua dapat mengamalkannya. Sebagai seorang guru utamanya guru matematika dibutuhkan keihklasan dalam mengajar, karena matematika bukanlah pelajaran yang mudah untuk diajarkan tapi insya Allah akan mudah dipahami oleh siswa apabila guru yang mengajarkan professional dan ikhlas.

    ReplyDelete
  56. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada Bapak atas kelahiran cucu putri ke 3. Semoga menjadi anak yang sholehah, berbakti kepada orang tua, dan berguna bagi diri sendiri, keluarg, bangsa, negara dan agama. Aamiin...
    Mengenai ikhlas, sesungguhnya sulit untuk mencapai makna ikhlas karena cakupannya yang luas dan dalam. Ikhlas tidak hanya pengucapan saja bahwa ia ikhlas, tetapi yang jauh lebih penting dari itu adalah niat dari hatinya bahwa ia benar-benar ikhlas. Karena memang ikhlas bersumber dari hati dan barometer pengukurnya tidak akan mudah dibaca dan ditebak oleh siapapun. Sebab ikhlas adalah urusan antara manusia dan Tuhannya.

    ReplyDelete
  57. Indah purnama sari
    17701251035
    pep b

    ikhlas satu kata yang bermakna dalam. tidak semua orang bisa melakukannya.. seperti yang dikatakan bapak, jika mengerjakan sesuatu kita harus ikhlas. ikhlas membaca berarti jujur dan ikhlas dalam berkomentar berrti santun. jadi yang saya dapatkan dari postingan bapak kali ini apapun yang kita lakukan mata kuliah apapun jika dikerjakan dengan ikhlas maka akan jadi ibadah.

    ReplyDelete
  58. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Selamat atas kelahiran cucunya Pak, semoga menjadi putri yang sholehan. Amin.
    Ikhlas, adalah perkara yang dapat dipelajari ilmunya dari berbagai sumber, namun dalam praktiknya ikhlas itu bukanlah hal yang mudah. Ikhlas yang keluar dari mulut, belum tentu hatinya juga mengikhlaskan. Ikhlas itu yang tahu hanya diri kita sendiri dan Allah swt. Terimakasih.

    ReplyDelete
  59. Pangestika Nur A
    PEP B- Pascasarjana
    17701251037

    Saya ucapkan selamat atas kelahiran cucunya, Prof. Semoga menjadi anak sholehah dan tumbuh menjadi sebaik-baiknya perhiasan dunia.
    sejujurnya karena keterbatasan saya, saya belum sepenuhnya memahami tentang aksioma dan teorema keikhlasan yang telah Bapak tuliskan. Namun ikhlas adalah suatu hal yang sulit dilakukan dan hanya Allah semata yang mengetahui tingkat keikhlasan hambaNya.

    ReplyDelete
  60. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Postingan ini menggambarkan bahwa ikhlas tidak hanya ada di dalam menjalankan ibadah dan kehidupan sehari-hari. Ikhlas juga terdapat dalam matematika. Berdasarkan postingan di atas, setinggi-tinggi matematika itu ada dua perkara yakni aksioma dan bukti. Jika ditarik menjadi matematikanya ikhlas, aksioma menjadi sebagai kumpulan teori T tentang keikhlasan dan bukti bahwa pada setiap teori T dapat ditemukan objek keikhlasan. Sehingga jika kita mempunyai rumus R : T ----> S dengan T merupakan aksioma keikhlasan dan S merupakan teorema teorema keikhlasan berikutnya yang diturunkan dari aksioma. Sehingga selalu dapat diturunkan teori S dari aksioma T. Begitu juga dalam kehidupan ini. Jika di hati kita ada ikhlas (yang dianggap sebagai (T) maka ikhlas itu akan dapat kita turunkan(terapkan) dalam kehidupan sehar-hari(S). Karena sesungguhnya, apa yang ada di dalam hati manusia maka akan tercermin dari perbuatannya. Sehingga jika di hati ada ikhlas, maka itu akan terlihat dalam tingkah laku seseorang tersebut dalam kehidupan sehar-harinya yakni sesuai dengan rumus R : T ----> S.

    ReplyDelete
  61. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Ikhlas, adalah suatu hal yang mudah diucapkan namun pada kenyataannya membutuhkan proses yang tidak sesederhana seperti apa yang kita bayangkan. Ilmu ikhlas ada dala setiap mata pelajaran, bagaimana tergantung kita menyikapinya, terkadang dengan ilmu yang tinggi, kita tidak serta merta mudah melaksanakannya. Dan di akhir koment ini, saya mengucapkan selamat, semoga dengan lahirnya cucu yang ketiga ini semakin menambah kebahagiaan dalam keluarga bapak.

    ReplyDelete
  62. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Alhamdulillah, sebelumnya kami ucapkan selamat atas kelahiran cucu Bapak, semoga menjadi anak yang sholehah.
    Berdasarkan postingan di atas, ikhlas dikaitkan dengan matematika. Matematika tidak pernah lepas dari teorema, aksioma, dan bukti. Maka ikhlas apabila dijadikan ke dalam teorema maka diperlukan bukti. Pada dasarnya ikhlas memang sulit untuk diraih, karena keikhlasan seseorang semata-mata hanya dapat dilihat dan diukur oleh Allah. Setiap orang yang berprilaku ikhlas mungkin tidak tahu bahwa dirinya ikhlas, karena sebenar-benar ikhlas adalah tidak ada riya di dalamnya. Namun apabila sudah terucap “aku ikhlas” di dalamnya, maka keakuan itulah yang menjadi bukti bahwa ia tidak ikhlas.

    ReplyDelete
  63. ikhlas sendiri tidak dapat diungkapkan dengan mudah karena hal tersebut berhubungan dengan diri dan Allah yang tidak bisa dilihat oleh kasat mata
    mungkin yang bisa dikatakan adalah belajar menerima dari begitu banyak hal yang belum mampu diberikan kedamaian hati

    Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    ReplyDelete
  64. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Ikhlas adalah merasa tidak ada bekurang, tidak rugi, ketika ada bagian dari diri yang diberikan dan atau digunakan orang lain serta tidak mengungkit-ungkit hal tersebut di masa akan datang. Penurunan rumus matematika mengandung ilmu keikhlasan yang harusnya diadobsi manusia dalam berbagai kehidupan. Terutama dalam mengajar. Karena hakikatnya ilmu adalah berkah dari sang maha kuasa maka membagikan ilmu hendaklah dilandasi dengan keikhlasan karena salah satu amal yang tak akan putus adalah ilmu yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  65. Tico Miladina
    14301244014
    S1 Pendidikan Matematika

    Sebelumnya saya membaca tentang matematika ibadah yang didalamnya telah dibahas sedikit tentang matematika ikhlas. Setelah itu saya tertarik untuk membaca artikel ini, matematika ikhlas dikaji lebih dalam namun lebih rumit hingga membawa transformasi reduksi. Apakah ini berarti bahwa ikhlas bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan?
    Selamat untuk kelahiran cucu Prof Marsigit yang ke-3, semoga senantiasa diberi kesehatan dan dapat menjadi insan yang bermanfaat. Amin.

    ReplyDelete
  66. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Ikhlas adalah suatu sikap atau perbuatan yang muncul karena adanya kemauan sendiri, bukan karena perintah atau paksaan dari orang lain. Jika mengerjakan sesuatu karena mengharap balasan dari suatu pihak tertentu maka belum dinamakan ikhlas. Misalnya, mengerjakan sholat karena ingin dipuji oleh orang tua, orang lain, atau istri dan mengharap pujian yang lain berarti ibadah salat tersebut tidak ikhlas, bahkan tidak mendapatkan pahala karena termasuk perbuatan "riya".

    ReplyDelete
  67. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dalam matematika dikenal suatu teori himpunan. Ada istilah himpunan dan anggota himpunan. Begitu pula perbuatan manusia sebagai maklhuk social, ada hipunannya dan anggota himpunannya. Ikhlas pun bisa hanya pada anggotanya atau pada seluruh himpunanya.seseorang dikatakan ikhlas pada salah satu anggota himpunannya apabila memang dia ikh;las melakukannya, namun belum tentu ia ikhlas melakukan seluruh kegiatannya apabila terdapat satu egiatan yang diidentifikasi ketidakikhlasannya.
    Contohnya ialah belajar. Dalam kegiatan belajar terdapat anggota-anggota atau serangkaian kegiatan yang mendukungnya, seperti menyiapkan buku, menyiapkan diri, berangkat ke kampus, masuk gedung kampus, masuk ruang kelas, bertemu dosen, mendengarkan penjelasan dosen mengikuti aktivitas pembelajaran, dan lain sebagainya. Apabila salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan belajar tersebut kita ikhlas, maka memang benar kita ikhlas melakukannya. Tetapi jika yang disebut ikhlas dalam belajar maka semua anggota dari rangkaian kegiatan belajar tersebut haruslah dilakukan dengan ikhlas.

    ReplyDelete
  68. Metia Novianti
    17709251021
    S2 Pend. Matematika A

    Menarik untuk menyimak artikel bapak tentang matematika ikhlas di atas. Kaitan antara ikhlas dan matematika yang bapak gambarkan sungguh benar adanya. Untuk menyatakan bahwa aksioma itu benar, terlebih dahulu kita harus membuktikan bahwa pada setiap teori T dapat ditemukan objek keikhlasan. Apabila kita ingin melakukan sesuatu dengan ikhlas, baik ikhlas dalam beribadah, ikhlas dalam belajar, ikhlas dalam bekerja dan kegiatan-kegiatan lainnya, kita harus melaksanakan setiap aspek yang ada dengan ikhlas. Ikhlas yang sebenar-benarnya memanglah tidak mudah untuk dilakukan, tapi kita harus berusaha untuk mewujudkannya agar mendapat ridho Allah SWT.

    ReplyDelete
  69. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Pelajaran matematika ternyata sarat makna. Kebenarannya pasti/exact, yg bisa diambil sebagai Pelajaran Hidup. Untuk matematika pembagian, sebagai contoh 1 ÷ 1 = 1 atau 1 ÷ 2 = 1/2 ,Sedangkan 1 ÷ 0 = ~ ( tak terhingga). Dari contoh matematika tersebut dapat dimaknai dengan jika kita melakukan perbuatan baik, spt sedekah misalnya, lalu kita mengharapkan balasan atas perbuatan itu, maka semakin kita banyak berharap hasilnya akan semakin kecil.Tetapi saat kita melakukannya dgn Ikhlas tanpa mengharapkan sesuatu imbalan apa pun atau 1 ÷ 0, maka hasilnya akan "Tak Terhingga" yang artinya Tuhan akan memberikan balasan atas keikhlasan kita dengan balasan yang tak terhingga (Penuh Keberkahan).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu ajaran terpenting dalam Islam adalah mengeluarkan sebagian harta di jalan Allah. Bahkan kepedulian untuk berbagi harta kepada sesama manusia itu menjadi salah satu indikator orang bertakwa (muttaqin) seperti yang diisyaratkan. Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah sama dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai tumbuh 100 biji. Fenomena meningkatnya kesadaran orang2/pengusaha yang berhasil dan sukses dalam kehidupannya untuk berbagi dengan sesamanya.

      Delete
  70. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kata ikhlas merupakan suatu istilah yang mudah diucapkan, namun sulit untuk direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sikaf ikhlas bukan merupakan sifat turunan dari hasil rekayasa genetika, akan tetapi sikaf ikhlas merupakan hasil karya yang terbentuk dari pembiasaan diri. Ikhlas dapat dirasakan apabila pada diri seseorang telah menerima secara penuh dan lapang dada dari setiap pemberian atau penerimaan terhadap segala aktivitas hidup yang telah dilakukannya.

    ReplyDelete
  71. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Ternyata memahami suatu keikhlasan itu cukup sulit ya,Prof. Sama sulitnya untuk melakukannya. Terkadang kita sebagai manusia sulit berlaku ikhlas. Mungkin salah satu penyebabnya karena paham akan konsep ikhlas pun tidak..

    ReplyDelete
  72. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Belajar filsafat yang juga dapat ditelaah dari matematika, merupakan hal yang sangat menantang dan memerlukan tingkat penalaran yang tinggi. Karena untuk itu kita harus memahami benar-benar tentang kedua ilmu tersebut, agar dapat mengkaji lebih lanjut tentang filsafat dalam matematika.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  73. Junianto
    PM C
    17709251065

    Dalam ilmu matematika ternyata bisa ditemukan keikhlasan. Matematika bisa dikaitkan dengan keikhlasan. Ikhlas adalah kata sederhana tetapi memiliki makna yang mendalam bahkan tidak semua orang bisa menggapai ikhlas. Saya bisa pahami bahwa dalam menuntut ilmu apapun harus didasari dengan rasa tulus ikhlas agar ilmu bisa terserap dengan baik. Ikhlas itu tidak bisa diucapkan karena ikhlas letaknya adalah di hati. Jadi ketika seseorang berkata bahwa dia ikhlas dalam melakukan sesuatu maka sebenarnya ada ketidakikhlasan dalam hatinya.

    ReplyDelete
  74. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Kesombongan seorang matematikawan adalah ketika mereka hanya melihat matematika itu merupakan ilmu pikir saja. Jadi apa yang menjadi kebijakan pada matematika maka itulah yang dilakukan, tidak pandang karakteristik yang diberi pengetahuan. Keikhlasan matematikawan akan memberikan dampak pada menurunnya kesombongan mereka, sehingga sering sekali memaklumi hal-hal yang memang layak dimaklumi. Selain itu juga akan menurunkan ego bahwa saya harus melakukan ini itu karena berlandaskan pada apa yang dipelajarinya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  75. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Ikhlas... Mungkin semua orang mampu mengucapkannya namun sebenarnya sangat sulit melaksanakannya. Sama halnya dalam matematika. Belajar matematika maupun ilmu lain pun harus dilandasi rasa ikhlas dengan begitu ilmu yang kita peroleh mampu kita manfaatkan sebaik mungkin terlebih mampu kita berikan kepada orang lain.

    ReplyDelete
  76. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Berbicara masalah keikhlasan, menurut saya Ikhlas dan menyerah itu sesuatu yang berbeda tetapi sama. Ikhlas menurut pandangan saya adalah saat kita sudah berikhtiar dalam suatu hal, tetapi hasil yang diinginkan tidak sesuai dengan harapan. Jika kita tidak mengeluh dan tetap mensyukuri apa yang kita peroleh tersebut maka itulah yang dinamakan ikhlas. Sedangkan Menyerah adalah saat kita tidak berusaha dan dan kita berkata "saya ikhlas dengan apapun yang akan terjadi"

    ReplyDelete
  77. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Matematika ikhlas dari artike ini dapat ditemukan bahwa ada keikhlasan dalam matematika. berbicara tentang ikhlas merupakan sikap yang ada dalam hati seseorang, keikhlasan tidak diucapkan namun diasakan dalam hati seseorang dalam menghadapi suatu keadaan dari yang susah sampai yang senang. ikhlas dalam menuntut ilmu juga harus ada dalam diri seorang akademisi, menuntut ilmu dengan rasa ikhlas dalam mempelajarinya maka Allah akan mempermudah dalam mneuntutilmu tersebut. ketidakiklasan timbul jika ikhlas ketika seseorang berbicara ikhas dalam keadaannya.Semoga Allah SWT selalu mnegampuni dan menolong kita.

    ReplyDelete
  78. charina ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B

    Matematika mengajarkan kita akan iklas dan berbuat baik, karena matematika adalah ilmu pasti. Yangmana dengan bermatematika, yang benar tetaplah bernilai benar dan begitupun sebaliknya. Ikhlas adalah satu kata yang sulit diartikan, tetapi hanya bisa dirasakan dan hanya Allah yang mengetahui akan keikhlasan itu.

    ReplyDelete
  79. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B
    Dalam bermatematika kita harus ikhlas. Ikhlas dalam artian menjauhkan diri dari ego atau kesombongan tentang merasa bahwa dengan menjadi ahli matematika kita merasa bisa menyelesaikan berbagai solusi. Disinilah ilmu bisa menjadi berbahaya bagi diri kita jika dengan ilmu itu membuat kita sombong. Hanya dengan keikhlasan yang dapat menjauhkan diri kita dari kesombongan.

    ReplyDelete
  80. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Matematika memiliki banyak sekali manfaat yang sangat aplikatif. Selain membuat orang yang mempelajarinya menjadi mampu benalar dan berpikir secara sistematis, juga mengajarkan bagaimana cara untuk menggapai keikhlasan yang juga banyak dijabarkan dalam ilmu-ilmu agama. Ikhlas itu tidak dalam ucapan, tapi letaknya di dalam hati.

    ReplyDelete
  81. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Ikhlas itu biasanya mudah untuk diucapkan tapi tidak untuk dijalankan. Untuk menggapai keikhlasan, penting bagi kita untuk menjauhi diri dari yang namanya sifat pamrih dan sombong. Keduanya adalah sifat buruk yang dapat menghalangi keikhlasan. Satu-satunya yang diharapkan seharusnya adalah hanya ridha dari Allah, bukan penghargaan dan pengakuan dari manusia.

    ReplyDelete
  82. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Ikhlas akan menimbulkan rasa nikmat dalam belajar. banyak yang susah belajar matematika, menurut saya bukan karena mereka tidak bisa, akan tetapi mereka sudah menerima beberapa pendapat dari luar yang menyatakan matematika itu susah. jadi mereka sudah antipati terlebih dahulu dengan hal tersebut. padahal jika mereka dapat ikhlas dalam belajar matemtika ini karena tau kegunaannya dalam kehidupan seperti yang dicontohkan dalam ilurtrasi ini, saya yakin banyak orang yang akan mulai menikmati belajar matemtika. dan jika seseorang sudah menikmati matematika, maka belajar matemtika adalah hal yang menyenangkan dan mudah bagi mereka.

    ReplyDelete
  83. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Keikhlasan sangat dibutuhkan dalam segalahal, termasuk juga bermatematika. Apabila kita tidak ikhlas dalam bermatematika, maka yang ada hanyalah rasa jenuh yang menghampiri. Dengan rasa iklas, maka matematika yang dianggap sulit pun pasti dapat kita pelajari. Namun untuk ikhlas itu bukanlah perkara yang mudah. Kita harus belajar dan belajar terus untuk ikhlas. Keikhlasaan adalah sebuah kenikmatan, apabila kita ikhlas dalam belajar matematika, maka kita juga akan menikmatinya.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  84. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Dari tulisan ini, hal yang dapat saya pelajari bahwasanya jika kita ingin berpikir maka segala sesuatunya bisa dihubungkan, seperti mneghubungkan antara matematika dengan keikhlasan. menurut saya kita tidak dapat mengukur keikhlasan seseorang, karena terkadang apa yang terlihat belum tentu sebenarnya seseorang ikhlas. namun kita bisa berbaik tentang ikhlas ini.

    ReplyDelete
  85. Azamul Fadhly Noor Muhammad
    17706261006
    PPs S3 Pendidikan Dasar Konsentrasi Matematika SD 2017

    Setelah membaca tulisan bapak tentang Konsep Matematika Ikhlas sangatlah bagus dan sesuai dengan keadaan dilapangan. Dimana konsep keikhlasan akan muncul jika ada sebab dan akibat dari tujuan yang ingin dicapai. Dan Keikhlasan itu dapat terlaksana bila ada hubungan dari suatu kuputusan dari tujuan yang akan dicapai. Maka, untuk mencapai itu semua harus adanya keterkaitan antara sebab dan akibat dari tujuan, dan adanya hubungan dari keputusan yang dibuat berdasarkan tujuan yang ingin dicapai.
    Kita tidak akan bisa membuat suatu keputusan tanpa adanya masukan berupa pendapat atau kritik dari oranglain yang memahami akan tujuan yang ingin dicapai agar dalam pelaksanaannya sesuai dengan apa yang kita inginkan.

    ReplyDelete
  86. M.Zainudin
    16701261019
    PEP

    Terdapat unsur ikhlas dalam setiap diri manusia. Tergantung bagaimana setiap individu memenegemet Keihlasan yang ada dalam jiwa

    ReplyDelete
  87. Qorry Aina Fitroh
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241047

    Selain itu, matematika ikhlas juga dapat digunakan dengan rumus a/b=c dengan a=memberi, b=mengharap balasan, dan c=hasil yang diterima. Sebagai contoh, jika a=1, b=2, maka a/b=1 dengan kata lain jika kita memberi satu dan mengharapkan balasan dua maka hasil yang akan kita peroleh hanyalah setengah. Selain itu, jika a=1, b=1, maka c=1 artinya jika kita memberi satu dan mengaharapkan balasan satu maka hasilnya juga kita akan mendapatkan satu. Berbeda halnya dengan a=1, b=0, dan c=∞ yang berarti bahwa jika kita memberi satu dan mengharapkan balasan nol atau tidak mengharapkan balasan, maka hasil yang akan didapat adalah tak terhingga.

    ReplyDelete
  88. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dari kutipan artikel diatas saya belajar bahwa suatu keikhlasan bisa di teoremakan dan ada aksiomanya, dimana di situ kita mengaitkannya dengan matematika. Kalau kita melakukan perbuatan baik, kemudian kita mengharapkan balasan atas perbuatan itu, maka semakin kita berharap hasilnya akan semakin kecil, tapi ketika kita melakukannya dengan ikhlas tanpa mengharap sesuatu, maka hasilnya tak hingga yang artinya Allah SWT akan memberikan balasan atas keikhlasan kita dengan balasan yang tak terhingga (penuh keberkahan). Setiap kali engkau memberi maka di saat itulah engkau diberi oleh Allah SWT tanpa engkau minta. Bukan lagi take and give, melainkan kita belajar untuk just GIVE.

    ReplyDelete
  89. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  90. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  91. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015


    Selain itu dalam matematika ikhlas juga dapat menggunakan rumus pemberian/harapan=hasil. Artinya jika kamu memberikan 1 dan mengharapkan 2 maka hasilnya hanya akan mendapatkan ½. Jika kamu memberikan 1 dan mengharapkan 1 maka hasilnya adalah 1. Jika kamu memberi satu dan tak mengharapkan apapun, maka kamu akan mendapatkan hasil yang tak terhingga. Dari contoh tersebut dapat dimaknai bahwa kalau kita melakukan suatu kebaikan dan mengharapkan balasan yang besar atas kebaikan itu maka balasan yang kita peroleh akan semakin kecil. Tetapi apabila kita melakukan suatu kebaikan dengan ikhlas tanpa mengaharapkan suatu balasan apapun maka hasilnya akan “tak berhingga”. Seperti sabda Rasulullah S.A.W: “Sesungguhnya Allah menolong umat ini dengan orang-orang yang lemah dengan doa, shalat dan keikhlasan mereka.” Betapa luar biasanya kebaikan dari ikhlas ini. Semoga keiklasan bisa selalu dimaknai, diterapkan dan diamalkan dalam kehidupan kita. Amin.

    ReplyDelete
  92. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Menurut pemahaman saya terhadap artikel “Matematika Ikhlas” di atas adalah bahwa keikhlasan membutuhkan proses, keikhlasan merupakan turunan dari sifat-sifat baik lainnya. Keikhlasan cukup sulit untuk didefinisikan. Keikhlasan merupakan perubahan atau transformasi dari sifat-sifat sebelumnya. Keikhlasan dapat memuat sifat yang diturunkan kepadanya, seperti misalnya dalam hal bersedekah. Dalam hal ini bersedekah adalah baik dan sifat baik itu pasti terdapat pada keikhlasan, namun di dalam bersedekah belum tentu terdapat keikhlasan yang mana keikhlasan sudah pasti merupakan kebaikan. Dan yang terpenting adalah bahwa adanya hubungan antara matematika dan keikhlasan. Dalam hal ini ditunjukkan bahwa keikhlasan dapat dimatematiskan.

    ReplyDelete
  93. Siti Efiana
    15301241029
    Pendidikan Matematika I 2015

    Jujur, saya kesulitan memahami artikel ini, begitu pula dengan mempraktekkan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari, rasanya masih sulit, kadang hati ini masih saja mengharapkan balasan.
    Ikhlas, satu kata yg penuh makna, yang bahkan di surat al Ikhlas, tidak ada satu katapun yang menyebutkan kata ikhlas.
    Namun, sebisa mungkin, dalam melakukan apapun, kita memang harus senantiasa berusaha untuk ikhlas, harus selalu ridho dengan semua ketentuan Allah. Yakinlah, bahwa Allah adalah pencipta skenario terbaik, paling baik. Apa-apa yang menurutmu baik, belum tentu baik di mata Allah, begitupun sebaliknya.
    Lagipula, bukankah dengan ikhlas, hati kita bisa menjadi lebih lapang? :) Mari belajar untuk lebih ikhlas dalam melakukan semua hal :)

    ReplyDelete
  94. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    Pendidikan Matematika A 2015

    Bagi kebanyakan orang, kata "ikhlas" memang mudah untuk diucapkan pun dituliskan. Namun sejatinya perbuatan ikhlas itu sukar dilaksanakan apalagi dibuktikan. Begitu banyak variabel yang menjadikan ikhlas itu sulit dilakukan. Salah satunya adalah nafsu yang sejatinya ada di dalam pribadi manusia.

    ReplyDelete
  95. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  96. Bayu Widyanto
    15301244010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Banyak hal yang dapat dikaitkan dengan matematika dalam kehidupan sehari-hari, ya... Contoh nya ikhlas. Misal kalau kita mau bersedekah maka kita haruslah ikhlas dan tidak berharap mendapat imbalan dari perbuatan itu, jika kita mengharapkan balasan atas perbuatan itu maka semakin banyak kita berharap semakin kecil pula hasilnya. Akan tetapi jika kita benar-benar ikhlas dan tidak mengharapkan imbalan maka hasil yang didapat akan menjadi tak terhingga karena perbuatan baik itu pasti akan dibalas oleh Allah SWT dengan penuh keberkahan. Dengan kata lain, melakukan perbuatan baik itu harus dengan keikhlasan tanpa mengharapkan imbalan apapun.

    ReplyDelete
  97. Sinta Mutiara Dewi
    15301241018
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Matematika ikhlas.
    Ikhlas merupakan sebuah kata yang sangat mudah diucapkan, mengandung makna yang mendalam, namun sangat sukar diterapkan. Ikhlas tidak perlu diucapkan, cukup hati kita saja yang merasa ikhlas. Jika segala kegiatan yang kita lakukan didasarkan dengan rasa ikhlas maka Allah SWT akan memberikan balasan yang melimpah atas keikhlasan kita. Begitu juga dalam belajat matematika, kita harus niatkan dan melakukannya dengan ikhlas supaya ilmu yang didapat barokah. Akan tetapi, ketika kita sudah merasa ikhlas dalam melakukan suatu hal, namun kita mengucapkan keikhlasan tersebut apakah perbuatan yang kita lakukan masih bisa disebut ikhlas? Ini yang masih saya bingungkan.

    ReplyDelete
  98. Alvi Khoirunnisak
    15301241012
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih ilmunya, Pak :) meskipun masih sulit untuk saya memahami materi matematika yang berkaitan dengan ikhlas yang bapak contohkan, namun saya mempelajari sedikit tentang ikhlas. Bahwa dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan harus dengan dasar ikhlas. terutama dalam menuntut ilmu. agar ketika sudah banyak ilmu yang kita milii kita terhidar dari sifat sombong dan takabur.
    Namun bagaimana jika belum ikhlas melakukan sesuatu? apakah kita harus menunggu ikhlas baru kita melakukan pekerjaan tersebut? Tentu tidak. seperti belajar matematika misalnya. masih ada rasa enggan belajar dan memahami materi yang belum dipahami (belum ikhlas). jika tidak dipaksa untuk belajar, lalu kapan akan paham? (kapan akan ikhlas?). terkadang, untuk ikhlas perlu sedikit atau sangat dipaksa.
    Namun, apakah ikhlas itu? dapatkah disebut ikhlas jika kita mengatakan bahwa kita sudah ikhlas? bagaimana sebenarnya ikhlas itu? Tidak perlu mengatakan apakah diri kita sudah ikhlas melakukan sesuatu atau belum, karena kadar keikhlasan seseorang hanya Allah yang berhak menilai :)
    semoga kita semua dijauhkan dari sifat sombong dan takabur atas ilmu yang sudah kita peroleh :)

    ReplyDelete
  99. assalamualaikum wr,wb
    Ki nawe… saya IBU linda,tki di malaysia
    mengucapkan banyak2 terima
    kasih kepada ki.Nawe
    atas dana ghaib yang
    kemarin aki berikan alhamdulillah ternyata itu benar2 ada
    dan berkat bantuan
    ki nawe saya bisa
    melunasi semua hutan2
    orang tua saya yang ada di
    BANK BRI dan bukan hanya
    itu AKi NAWE alhamdulillah
    sekarang saya sudah bisa
    bermodal sedikit untuk
    mencukupi kebutuhan
    keluarga saya sehari2. itu
    semua berkat bantuan KI NAWE sekali lagi
    makasih banyak yah KI NAWE…
    yang ingin merubah nasib
    seperti saya hubungi KI NAWE di nomor
    0852-1837-9259 dijamin
    100% ada atau silahkan
    buktikan sendiri PESUGIHAN TAMPA TUMBAL

    ReplyDelete
  100. Yuni Pratiwi
    S1 Pendidikan Matematika
    15301241005

    Memang benar adanya Ikhlas itu sulit dipahami, karena sejatinya ikhlas itu berasal dari dalam diri kita sendiri. Melalui tulisan diatas saya belajar lagi, bahwa dalam Matematika terdapat suatu keikhlasan, meskipun sulit untuk di pahami dan dimengerti, karena semua itu butuh proses dann ikhlas merupakan turunan dari sifat sifat sebelumnya.

    ReplyDelete
  101. Julialita Muhariani
    15301241004
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Matematika merupakan disiplin ilmu yang memiliki banyak keterkaitan dengan kehidupan. Namun, ikhlas bukanlah sesuatu hal yang dapat dengan mudah didefinisikan oleh ilmu matematika. Ikhlas tidak dapat diukur menggunakan rumus matematika karena ikhlas itu berasal dari hati bukan pikiran. Jika ingin memaknai ikhlas dengan matematika akan sangat sulit. Definisi ikhlas itu berbeda-beda untuk masing-masing individu, karena semuanya bergantung dengan niat masing-masing individu. Ikhlas itu urusannya dengan Allah, hanya Allah yang tau seberapa ikhlas hamba-Nya. Hitungan matematika tidak berlaku dalam menghitung seberapa ikhlas hati seseorang.

    ReplyDelete
  102. Eka Susanti
    15301241006
    Pendidikan Matematika I 2015

    Artikel yang Bapak tulis sangatlah menarik. Walaupun saya belum sepenuhnya paham, tapi saya tertarik sekali mengetahui kaitan Matematika dengan Ikhlas. Hal yang pertama kali terpikirkan adalah sama-sama sulit untuk dipahami. Artikel ini menunjukkan bahwa matematika bukan hanya berkaitan dengan perhitungan namun juga bisa dikaitkan dengan sikap sosial.

    ReplyDelete
  103. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Terimakasih Pak Marsigit, artikel tersebut dapat menambah pengetahuan saya tentang kaitan ikhlas dengan matematika. Ikhlas dalam kehidupan sehari-hari saya rasa masih agak sulit untuk diterapkan. Terkadang mulut berucap ikhlas, namun pikiran masih memikirkan hal negatif lainnya yang menyebabkan hati merasa belum ikhlas. Sejatinya ikhlas tersebut dapat dikontrol dari pikiran kita. Jika kita berfikir yang positif insyaallah kita dapat melakukan sesuatu dengan rasa ikhlas seutuhnya.

    ReplyDelete
  104. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Kata-kata ikhlas sangat mudah sekali diucapakan tapi sangat susah untuk dijalani dan diterapkan. Apabila semua kegiatan dan tindakan dilakukan dengan rasa ikhlas maka Allah SWT akan memberikan balasan yang melimpah terhadap perbuatan yang kita lakukan. Begitu juga dalam belajar matematika, apabila kita belajar matematika diniatkan dan dilakukan dengan ikhlas maka ilmu yang didapat akan menjadi barokah.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  105. endar chrisdiyantoApril 2, 2018 at 11:00 PM

    Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika a 2015
    15301244011
    Terimakasih Prof, untuk artikel yag bermanfaat ini. Matematika ikhlas dari artike ini dapat ditemukan bahwa ada keikhlasan dalam matematika. Ikhlas merupakan sesautu yang sulit untuk dilakukan tepapi mudah untuk diucapkan. Ikhlas itu sesatu dari akibat yang dilakukan manusia dan bukti dari keikhlasan yaitu sikap dan perilaku manusia. Ikhlas tanpa dibraengi dengan perilaku sama saja dengan sebah teori yang harus dibuktikan dan bukti dari keikhalsan yaitu perilaku manusia.

    ReplyDelete
  106. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  107. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Ikhlas, satu kata yang mudah untuk diucapkan tetapi terkadang sulit untuk dilakukan pada keadaan tertentu, tetapi memang harus belajar untuk selalu ikhlas. Dari artikel ini juga kita bisa belajar bahwa jangan sampai iklas hanya sekedar kata (teori) tapi memang benar-benar ikhlas, yang berarti bahwa ketika memberi atau menolong jangan pamrih maka Tuhan akan membalas dengan berkat yang tak terhingga.

    ReplyDelete
  108. Farisa Yunilasari
    15301241025
    Pendidikan Matematika A 2015

    Matematika bisa dikaitkan dengan keikhlasan. Ikhlas adalah kata sederhana tetapi memiliki makna yang mendalam bahkan tidak semua orang bisa menggapai ikhlas. Saya bisa pahami bahwa dalam menuntut ilmu apapun harus didasari dengan rasa tulus ikhlas agar ilmu bisa terserap dengan baik. Ikhlas itu tidak bisa diucapkan karena ikhlas letaknya adalah di hati. Dalam belajar matematika kita juga harus ikhlas karena apabila kita ikhlas dalam belajar maka dalam mengajar kita juga nantinya akan ikhlas .

    ReplyDelete
  109. Puspitarani
    15301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    MasyaAllah, ikhlas itu seperti surat Al-Ikhlas, walaupun di dalam ayat-ayatnya tidak mengandung kata ikhlas, tetapi dia bernama surat Al-Iklhas. Matematika ikhlas? seperti apa?
    Jadi yang dimaksud dengan Matematika Ikhlas adalah Teori T yang memuat Aksioma keikhlasan dan Teorema Keikhlasan, dimana selalu dapat diturunkan S, teorema teorema keikhlasan berikutnya, melalui definisi, yang memuat objek keikhlasan. Artinya selalu dapat diturunkan teori S dari teorema T. Disebut S reduksibel secara ontilogis dari T.
    keikhlasan adalah kata yang sulit terucap karena memiliki makna yang sangat mendalam. jika kita ikhlas, semua memang menjadi terasa ringan. tapi terkadang ketika kita ikhlas, ada sedikit rasa ikhlas tidak ya? ya cobalah untuk ikhlas tanpa mengucapkan kata itu. menolong orang tanpa mengharapkan imbalan dan tanpa rasa pamrih dan berharap Allah dapat membalas yang lebih banyak lagi.

    ReplyDelete
  110. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    Pendidikan Matematika A 2015/S1
    15301241046
    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Terimakasih Pak, artikel yang sangat bagus tentang ikhlas yang di”modelkan” dalam matematika. Ikhlas adalah buah dan intisari dari iman. Seorang tidak dianggap beragama dengan benar jika tidak ikhlas. Karena itu tak heran jika Ibnul Qoyyim memberi perumpamaan seperti ini, “Amal tanpa keikhlasan seperti musafir yang mengisi kantong dengan kerikil pasir. Memberatkannya tapi tidak bermanfaat.”

    ReplyDelete
  111. Febriana Putri Hutami
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241007
    Ilmu ikhlas adalah ilmu yang paling tinggi. Ikhlas adalah suatu hal yang sulit diukur. Bahkan ikhlas itu sulit untuk dilakukan. Kata iklas yang keluar dari mulut seseorang, tidak menjamin keikhlasan orang tersebut. Bisa jadi ia mengharapkan imbalan setelah ia memperoleh sesuatu. Dalam belajar matematika pun, perlu dilandasi dengan keikhlasan. Ikhlas akan apa yang terjadi setelah melakukan suatu usaha. Ikhlas mendapatkan hasil dari apa yang diusahakan. Terlepas apakah hasil tersebut memuaskan atau tidak. Karena semakin tinggi harapan yang ditanam semakin tinggi pula resiko kekecewaan yang ditelan. Oleh karena itu melakukan sesuatu dengan ikhlas itu penting. Bukan hanya ikhlas dalam ucapan, melainkan ikhlas dalam hati, pikiran, dan tindakan.

    ReplyDelete
  112. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Saya sangat terkesan dengan artikel yang Prof tulis. Sejatinya Memang ikhlas itu sulit untuk di definisikan, sehingga untuk memahami suatu keihlasan itu cukup sulit sama halnya seperti ketika diterapkan. “Ikhlas” itu mudah untuk diucapkan tetapi sulit untuk melakukannya. Tetapi kita harus selalu belajar untuk ikhlas, ikhlas dalam menuntut ilmu misalnya. Kita menuntut ilmu untuk mendapatkan Ridho-Nya. Ketika semua yang kita lakukan didasarkan pada keikhlasan maka kita tidak akan merasa terbebani.

    ReplyDelete
  113. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika

    Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaykum Wr. wb.
    Jujur saja pak, saya masih belum terlalu paham dengan tulisan di atas. namun yang saya tau tentang ikhlas, bahwa ikhlas itu sulit untuk dibuktikan karena hanya diri sendiri lah yang tau apakah yang dilakukan itu ikhlas atau tidak. walaupun saya masih sulit memahaminya, tetapi saya mendapat ilmu baru bahwa ternyata matematika juga dapat dikaitkan dengan keikhlasan.

    ReplyDelete
  114. Rina Musannadah
    15301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Membaca tulisan ini membutuhkan waktu ekstra untuk memahaminya, walaupun pada akhirnya tetap sulit untuk saya pahami hehehe
    Layaknya ikhlas dalam kehidupan sehari-hari, sangat sulit ditemukan definisinya. Namun, yang dapat saya pahami dari tulisan di atas, bahwa ikhlas itu merupakan turunan-turunan dari sifat-sifat baik lainnya. Ikhlas membutuhkan proses untuk dapat dipahami dan diterapkan dengan baik.

    ReplyDelete
  115. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Artikel yang menarik, mengajarkan keikhlasan yang dikaitkan dengan matematika. Ketika membaca artikel ini, saya mendapat pengajaran bahwa ikhlas seperti teori dalam matematika, terdapat teorema, aksioma dan bukti sebagai objek keikhlasan. Matematika ikhlas juga mengajarkan terdapat hubungan sebab dan akibat. Dalam hal keikhlasan, setiap perbuatan yang dilakukan dengan ikhlas maka akan hasilnya dapat tidak terbatas sesuai dengan kehendak Allah swt. Namun walaupun ikhlas dapat dibuatkan matematikanya, tetap ikhlas-tidaknya tidak dapat dihitung dengan matematika, maupun lainnya, karena menurut saya setiap perhitungan keikhlasan hanya Allah swt yang mengetahui.

    ReplyDelete
  116. Raudhah Nur Pratiwi (15301244009)
    S1- Pend. Matematika A 2015

    Bismillah,
    Terimakasih atas artikelnya Prof. Walaupun jujur saya masih belum terlalu paham dengan artikel Prof hehe, tetapi artikel Prof sangat menarik. Yang saya ketahui, menerapkan ikhlas memang tidak semudah mengucapkannya. Yang mengatahui keikhlasan seseorang hanyalah Allah dan orang itu sendiri. Ibadah juga harus dilandasi dengan niat ikhlas, “Sesungguhnya Allah tidak melihat (menilai) bentuk tubuhmu dan tidak pula menilai kebagusan wajahmu, tetapi Allah melihat (menilai) keikhlasan hatimu” (H.R Muslim).

    ReplyDelete
  117. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika a 2015
    15301244011
    Terimakasih Prof, untuk artikel yag bermanfaat ini. Matematika ikhlas dari artike ini dapat ditemukan bahwa ada keikhlasan dalam matematika. Ikhlas merupakan sesautu yang sulit untuk dilakukan tepapi mudah untuk diucapkan. Ikhlas itu sesatu dari akibat yang dilakukan manusia dan bukti dari keikhlasan yaitu sikap dan perilaku manusia. Ikhlas tanpa dibraengi dengan perilaku sama saja dengan sebah teori yang harus dibuktikan dan bukti dari keikhalsan yaitu perilaku manusia.

    ReplyDelete
  118. Lisfiyati Mukarromah
    15301241042
    Pendidikan Matematika A 2015
    Program S1
    Terimakasih Prof Marsigit yang telah menggambarkan ikhlas dalam bentuk matematika. Ikhlas adalah tingkatan ilmu yang sangat tinggi. Ikhlas adalah sesuatu yang sangat sulit untuk diukur .
    Seseorang yang sudah melakukan segala sesuatu dengan ikhlas mempunyai hati yang bersih. Dalam konsep ikhlas terdapat amal amal kebaikan yang lain. Amal apapun kalau tidak dibarengi dengan ikhlas tidak akan ada artinya.

    ReplyDelete
  119. Dwi Nur Rohman
    15301244006
    Pendidikan Matematika I 2015
    Program S1

    Ketika membahas tentang keliklasan periu diikuti dengan keseriusan. Jika seseorang tidak kuat untuk mengiklaskan suatu hal maka bisa jadi karena orang tersebut tidak bisa serius untuk mengilaskannya. Matematika selalu memberikan makna tersirat dalam setiap sudut pandangnya.

    ReplyDelete
  120. Isykarima Nur S
    15301241032
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih atas artikelnya pak. Ikhlas memang lah harus selalu kita sertakan di setiap hal yang kita lakukan di dunia ini. Mengapa? Karena apabila kita melakukan suatu hal dengan ikhlas, semua akan terasa lebih ringan, ringan di hati maupun ringan di fisiknya. Dan lagi dengan ikhlas tentu Allah akan memberikan balasan yang setimpal. Begitu juga dengan matematika, seyogyanya kita ikhlas dalam mempelajari matematika, agar ilmu yang diperoleh barokah. Selain itu, jika kita mempelajari matematika dengan ikhlas akan lebih enjoy dan lebih mudah menerima ilmunya.

    ReplyDelete
  121. Rina Anggraeni
    15301241043
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Terima kasih atas cerita tentang matematika ikhlas tersebut Prof. Jujur saja sebenarnya saya tidak terlalu paham apa yang Bapak jelaskan dengan ikhlas tersebut, namun saya jadi mengetahui bahwa ada matematika ikhlas tersebut. Mungkin ikhlas itu sama halnya dengan penjelasan tersebut yaitu sulit untuk dipahami. Bagaimana caranya ikhlas? Apa saja indikatornya? Jawaban dari pertanyaan itu memang mudah untuk diucapkan. Namun, kita sebagai manusia kadang sulit untuk melakukannya. Jadi, sebenar-benarnya ikhlas adalah ikhlas karena Allah SWT.

    ReplyDelete
  122. Amayda Ade Pramesti
    15301244012
    S1 Pend.Mat A 2015

    berdasarkan postingan diatas walaupun sebenarnya saya masih belum paham sepenuhnya tapi ada hal yang membuat saya mengerti bahwa jika kita mengharapkan balasan terhadap suatu hal yang sudah kita lakukan maka semakin kecil peluang untuk mendapatkan balasan tersebut. Keikhlasan adalah disaat kita benar - benar tidak mengharapkan balasan terhadap suatu hal yang sudah kita lakukan. Terimaksih Prof atas ilmu Matematika Ikhlasnya

    ReplyDelete
  123. Tico Miladina
    14301244014
    Pendidikan Matematika A

    Mempelajari apapun dengan perasaan ikhlas akan terasa lebih mudah untuk ditelaah. Terutama pada pembelajaran matematika, salah satu kunci untuk dapat memahami konsep-konsep dalam matematika adalah ikhlas. Dengan keikhlasan, kita dipermudah oleh Allah SWT untuk memahami suatu ilmu serta dapat menyampaikan ilmu tersebut kepada orang lain dengan tujuan yang baik.

    ReplyDelete
  124. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Setelah membaca artikel Bapak, jujur saya kesulitan untuk memahaminya. Begitu pula dengan melakukan tindakan dengan ikhlas, sulit. Bahkan definisi ikhlas sendiri pun sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. Karena ikhlas itu ada di hati, bukan di mulut. Akan tetapi, saat saya kesulitan memahami, saya membacanya lagi untuk berusaha memahami tulisan tersebut (meskipun sampai sekarang masih belum paham hehe._.) Hal ini sama halnya dengan ikhlas, meskipun sulit kita harus senantiasa berusaha ikhlas, lapang dan sabar dalam menjalani hidup sehingga kita akan terbiasa.

    ReplyDelete
  125. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  126. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Benar sekali Prof, saya juga masih kesulitan untuk memahami matematika ikhlas. Bahkan, untuk mendefinisikan kata ikhlas itu sendiri saya masih merasa kesulitan. Terkadang kita sudah berucap ikhlas, namun dalam pikiran kita, kita masih merasa bahwa ada sesuatu hal yang lain yang membuat kita belum benar-benar ikhlas. Oleh karena itu, semoga kita dapat memperbaiki diri, dan selalu melakukan segala hal dengan ikhlas. Ikhlas yang berasal dari hati dan pikiran, bukan hanya dari ucapan saja.

    ReplyDelete
  127. Nurrina Rhomadita
    15301241026
    Pendidikan Matematika I 2015

    ketika saya membaca artikel ini saya mengalami kesulitan dalam memahami makna dan isi dari artikel ini.

    dari sinilah dapat saya refleksikan "matematika ikhlas", ketika mendengar kata matematika tentu sudah pasti banyak orang mengatakan mata pelajaran yang sulit, karena banyak rumus - rumus yang harus dihafalkan. sama halnya, ketika mendengar kata "ikhlas...", yang identik dengan untuk melupakan, melepaskan sesuatu hal yang kita rasa sudah nyaman, sudah enak dengan hal itu, walaupun hal tersebut itu belum tentu baik.

    dua hal ini, matematika dan ikhlas merupakan kedua hal yang sama - sama sulit untuk dikerjakan. entah ada faktor X, Y, Z yang akan mempengaruhi dan mungkin saja menggoyahkan tujuan ini.
    tentu saja diperlukan tekad dan niat yang kuat dalam mengerjakan matematika dan melakukan ke-ikhlas-an suatu hal.

    ReplyDelete
  128. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih atas postingannya prof, sungguh suatu artikel yang sangat menarik, meskipun sebenarnya saya masih kesulitan dalam memahami artikel tersebut. Begitu pula dengan makna kata ikhlas itu sendiri. Karena dalam praktiknya, sangat sulit untuk bisa mensinkronkan pikiran, hati dan perbuatan dalam mempraktikan keikhlasan tersebut. Tentunya diperlukan tekad yang kuat serta usaha terus menerus agar dapat memahami dan mempraktikkan keikhlasan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  129. Intan Heryani Putri
    15301241011
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Sayangnya saya masih belum bisa begitu memahami teori matematika yang menjelaskan teori ikhlas tersebut, padahal menurut saya penjelasan ini sangat menarik, tetapi saya belum sampai paham. Ikhlas, seperti surat al ikhlas yang tidak ada kata ikhlas didalamnya. Tidak perlu diucapkan dan ditunjukkan, karena hanya hati si pemilik ikhlas dan Tuhan yang tau.

    ReplyDelete
  130. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Pertama-tama, terimakasih atas tulisannya prof, saya memang kurang mengerti filosofi yang satu ini, namun yang bisa saya tangkap adalah bahwa belajar matematika itu susah susah senang, artinya masih banyak susahnya disamping banyak sekali filosofi matematika yang perlu dipelajari. Tentang bagaimana sesungguhnya belajar matematika dengan baik karena bagaimana pula kita hidup pun dengan matemarika, semuanya butuh matematika. Jadi, saya akan coba untuk mempelajari arti dari matematima itu sendiri apa?

    ReplyDelete
  131. Seftika Anggraini
    18709251016
    PPs PMA 2018

    Seperti yang telah disampaikan Prof Marsigit di kelas bahwa setiap hal memiliki 2 hal, yaitu apa dan bagaimana. Matematika ikhlas juga meiliki dua hal tersebut, yaitu teori apa yang memuat tentang keikhlasan dan bagaimana pembuktiannya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  132. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Matematika ikhlas, sungguh luas sekali makna tersebut. Matematika yang membutuhkan pikiran untuk menyelesaikan jawaban, sedangkan ikhlas membutuhkan hati untuk melakukannya. Matematika yang dianggap pelajaran sulit dapat diselesaikan dengan benar jika kita ikhlas untuk mengerjakannya. Jawaban matematika akan diterima secara ikhlas kebenarannya tanpa mempunyai bukti, tetapi manusia membukti yang benar hanya Tuhan yang mengetahui. Sehingga, mencari ilmu pengetahuan membutuhkan keikhlasan hati untuk niat dan membutuhkan pikiran untuk berpikir.

    ReplyDelete
  133. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  134. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Membaca judul tulisan mengenai Matematika Ikhlas bagi saya sendiri adalah sesuatu yang baru saya ketahui dan setelah membaca tulisannya mungkin belum saya pahami sepenuhnya makna dari matematika ikhlas. Karena berkaitan dengan ilmu ikhlas itu sendiri tentu akan sulit untuk dijelaskan menggunakan kata-kata karena ikhlas itu berasal dari dalam diri masing-masing individu. Dari pemahaman saya sendiri ikhlas dalam matematika itu bisa dikatakan sebagai sebagai sesuatu yang tak terhingga. Begitu juga dalam menuntut dan memberikan ilmu kita harus senantiasa berusaha untuk ikhlas. Terimakasih Pak atas ilmu baru mengenai Matematika Ikhlas.

    ReplyDelete
  135. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    PPS Pend. Matematika A

    Assalamu’alaikum wr wb
    Dari percakapan tersebut mengenai matematikanya ikhlas yang saya dapat tangkap yaitu bagaimana matematika dapat menjelaskan keikhlasan seseorang dengan menggunakan teori-teorinya. Keikhlasan yang seseorang rasakan tidak akan diketahui oleh orang lain. Seseorang bisa saja berkata ikhlas namun masih perlu bukti bagaimana orang tersebut merasa ikhlas. Dan bukti tersebut kadang tidak akan pernah diketahui orang lain. Karena ilmu ikhlas itu dapat dibilang “gampang-gampang susah”, gampang untuk diucapkan tetapi kadang sangat sulit untuk dirasakan keikhlasan yang sesungguhnya di dalam hati.
    Wassalamu’alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  136. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Setelah saya membaca postingan matematika ikhlas, memang cukup sulit untuk dipahami. Ilmu ikhlas terlalu tinggi sehingga sulit untuk digapai. Formulasi matematika ikhlas yang didefinisikan dalam postingan ini sederhana, namun berat untuk dipahami. Begitu juga dengan kata “ikhlas”, memiliki satu makna sederhana yakni hanya mengharap ridha Allah, namun berat untuk diamalkan. Matematika ikhlas antara lain kita mampu menerima dan melakukan sesuatu dalam matematika semata-mata hanya mengharap ridha Allah. Kita harus menerima dengan ikhlas aksioma yang tidak perlu dibuktikan kebenarannya namun dapat diterima berdasarkan pemikiran yang logis, dan ikhlas membuktikan teorema yang perlu dibuktikan kebenarannya.

    ReplyDelete
  137. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Selamat prof atas kelahiran cucunya yg ketiga. Semoga menjadi anak yang solehah, berbakti kepada orang tua, berguna bagi diri, keluarga, masyarakat, negara dan Agama. Aamiin.
    Definisi umum dari ikhlas yaitu hanya mengharap balasan hanya dari Allah SWT yang secara otomatis mereduksi hingga nol balasan dari manusia.
    Jika setiap yang kita pikirkan, perasaan (hati), ucapan, perbuatan didefinisikan sebagai himpunan dari amal manusia. Dinotasikan sebagai X={x1, x2, x3, .... xn). Dibagi oleh variabel ikhlas dinotasikan dengan i, sehingga menghasilkan teorema Xn/i = H, H disebut hasil, balasan, pahala dll.
    Maka jika i masih mengharap manusia mengandung bilangan bulat positif dan bulat negatif, sedangkan jika i hanya mengharap balasan dari Allah SWT berarti bernilai 0. Maka Xn/i = H semakin kecil untuk i bilangan bulat positif dan negatif dan Xi/i = H menuju tah hingga banyakknya unutk i=0.
    Oleh karena itu, ikhlas secara ontologis, epistemologi dan aksiologi adalah berpusat kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  138. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Matematika ikhlas,pembahasan yang unik dan mungkin jarang untuk ditemukan. Kajiannya dalam tingkatan tinggi untuk dipahami. Sejujurnya, setelah membaca tulisan ini, saya masih belum cukup mengerti tentang aksioma dan teorema ikhlas. Namun konsep bahwa transformasi reduksi dari keikhlasan T selalu menghasilkan keikhlasan membuat saya setuju meskipun masih dalam pengertian dan pengetahuan terbatas mengenai hal ini.

    ReplyDelete
  139. Bayuk Nusantara KR.J.T
    18701261006
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP)

    Dari artikel ini, saya mendapatkan bahwa ikhlas "terlihat" sangat sederhana tetapi kompleks. Hal ini dikarenakan ketika kita sudah mendapai titik ikhlas, maka, selalu ada proses yang mendasari sampai kita berada pada titik ikhlas tersebut.

    ReplyDelete
  140. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Ikhlas, kata yang sederhana, mudah untuk diucapkan, tetapi sulit untuk di praktekkan. Tidak ada yang dapat mengukurnya, apalagi jika harus di simbolkan dengan lambang dan bahasa matematis, akan lebih sulit untuk di pahami. Seperti halnya dalam matematika, kita perlu latihan untuk mengasah kemampuan, begitu juga dengan keikhlasan, kita juga perlu latihan untuk menjadikannya sebagai bagian dari sikap diri.

    ReplyDelete
  141. Diana Prastiwi
    18709251004
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Matematika ikhlas pada postingan diatas dapat dimaknai bahwa ikhlas merupakan "sifat" yang dilakukan oleh objek keikhlasan, yaitu manusia. Manusia hidup dihadapkan pada banyak pilihan. Jika kita sudah memilih, sudah seharusnya kita memiliki sifat ikhlas dala menjalaninya. Ketidakikhlasan walupun hanya sedikit tidak akan membawa kebermanfaatan di dunia maupun di akhirat.

    ReplyDelete
  142. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Setelah membaca postingan ini cukup sulit bagi saya memahami isi dari matematika ikhlas ini, tetapi saya bisa memaknai bahwa ikhlas itu proses pencapaian pada titik nol yaitu mengikhlaskan apa yang telah dimiliki, melapangkan hati kita, mengembalikan sesuatu pada fitrahnya dan menyerahkan segala sesuatu hanya kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  143. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Ikhlas memang satu kata sederhana namun memiliki arti yang begitu mendalam. Mudah diucapkan namun sulit dilakukan. Perlu perjuangan keras dan hati yang lapang untuk sampai pada titik ikhlas. Seperti memahami postingan ini, perlu perjuangan dan pemikiran yang keras pula untuk bisa memahaminya.

    ReplyDelete
  144. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika 2018 A
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Sebelumnya saya mengucapkan selamat atas kehadiran cucunya Prof, semoga menjadi anak yang sholeha, berbakti pada orang tua, dan berguna bagi nusa, bangsa dan agama. Aamiin
    Saya tertarik dengan kalimat terakhir Semar : “ E itu baru pengantar. Saya terangkan untuk mahasiswa S2 aja kesulitan”. Itu memang benar adanya, saya termasuk yang kesulitan memahami maknanya. Setau saya yang saya ketahui ikhlas itu adalah segala ibadah yang dilakukan karena Allah SWT.

    ReplyDelete
  145. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Sebelumnya selamat atas kelahiran cucunya Pak yang alhamdulillah saat ini sudah memasuki usia 1 tahun 3 bulan.
    Berbicara tentang keikhlasan berarti berbicara tentang lubuk hati yang paling dalam. Karena keikhlasan itu terletak didasar hati yang paling dalam, maka manusia tidak mudah menentukan kadar keikhlasan yang sebenarnya. Manusia bisa merasa sudah ikhlas melakukan segala amalan perbuatan tetapi belum tentu itu adalah keikhlasan yang sebenarnya dimata Allah SWT, sebagaimana yang dikatakan Semar "Jika x anggota R adalah keikhlasan, maka x bersifat ada atau mungkin ada". Selalu terdapat keikhlasan dibalik keikhlasan seperti yang dikatakan Semar "R bersifat tertutup, artinya setiap transformasi reduksi dari keikhlasan T selalu menghasilkan keikhlasan S". Maka sesungguhnya keikhlasan itu membutuhkan keikhlasan.
    Demikian beberapa pemahaman saya dalam meneleaah tulisan ini, meskipun terbilang sulit ada rasa penasaran pada beberapa pernyataan lain yang belum saya pahami. Terima kasih atas ilmunya Pak.

    ReplyDelete
  146. Samsul Arifin
    18701261007
    S3 PEP 2018

    Ikhlas itu cukup abstrak dan tidak bisa diukur..Ikhlas ada dalam bagian rasa dan lubuk hati yang sangat dalam sehingga yang bisa mengetahui dan mendifinisikan ikhlas yang diri sendiri, bukan orang lain..namun bagian kecil indikitaor nilai ikhlas dapat dilihat dari apa yang telah diperbuat atau yang tampak dari seseorang seperti sabar, menerima apa adanya dsb..indikator itu tdklah mutlak karena seseorang bisa memanipulasi keikhlasan melalui peran yang diinginkan..jadi sekali lagi nilai keikhlasan mutlak hanya diketahui oleh diri sendiri bukan turunannya "sifat/tabiat atau lainnya yang terlihat dari luar.

    ReplyDelete
  147. Hendra B.
    18701261008
    S3 PEP 2018

    Epistemologi Ikhlas adalah bilangan Prima dalam matematka
    mengapa bilangan Prima ???
    konsepnya sederhana bilangan prima adalah bilangan yang hanya dapat dibagi oleh 1 dan dirinya sendiri.

    *ket:
    1 (Esa) adalah Allah
    (angka) dirinya sendiri adalah manusia itu sendiri

    ReplyDelete
  148. Hendra B.
    18701261008
    S3 PEP 2018

    Epistemologi Ikhlas adalah bilangan Prima dalam matematka
    mengapa bilangan Prima ???
    konsepnya sederhana bilangan prima adalah bilangan yang hanya dapat dibagi oleh 1 dan dirinya sendiri.

    *ket:
    1 (Esa) adalah Allah
    (angka) dirinya sendiri adalah manusia itu sendiri

    ReplyDelete
  149. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  150. aji joko budi pramono
    PEP-S3 2018
    18701261003

    Iklas adalah kelas tertinggi dalam hati seseorang dalam menjalankan kehidupan di dunia ini,,,sulit untuk benar benar ikhlas, sehingga iklas iru perlu belajar, iklas bagi sebagian orang adalah sulit tp sebagaian orang adalah mudah, bagi orang yang masih sulit iklas bisa di ibaratkan sulitnya orang yang baru mengerjakan soal matematika, di perlukan keiklasan yang tinggi sehingga bisa mengerjakan soal matematika baik iklas waktu, pikiran dan lain sebagainya, demikina juga dalam kehidupan, akan bisa menaklukan sulitnya hidup apabila kita sudah bisa iklas dalam segala hal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk belajar ikhlas atau belajar matematika...apakah mirip dg permutasi?

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  151. Lukman
    PEP-S3 2018
    18701264003

    Ikhlas itu seperti surat Al.Ikhlas...tdk ada kata ikhlas dalam surat itu...hanya ada Allah dan kata2 yg mensifati Alloh. Dari ibroh ini maka Amal ikhlas adalah hanya untuk Alloh.

    Untuk menuju true score...perhatikan dengan sangat apa itu error.

    ReplyDelete
  152. Lukman
    PEP-S3 2018
    18701264003

    Ikhlas itu seperti surat Al.Ikhlas...tdk ada kata ikhlas dalam surat itu...hanya ada Allah dan kata2 yg mensifati Alloh. Dari ibroh ini maka Amal ikhlas adalah hanya untuk Alloh.

    Untuk menuju true score...perhatikan dengan sangat apa itu error.

    ReplyDelete
  153. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018

    Assalamu'alaikum Wr. Wb
    Terimakasih banyak Prof. atas tulisannya. Sebenernya saya masih kurang memahami maksud dari aksioma dan teorema ikhlas. Yang mampu saya tangkap dari tulisan di atas adalah matematika dan ikhlas merupakan dua hal yang memiliki kemiripan, yaitu sama-sama menjadi hal yang pokok dan utama. Dalam matematika, matematika merupakan ilmu yang menjadi pusat dari segala ilmu atau mother of science, misalnya fisika, kimia, biologi, ekonomi dll begitu pula dengan ikhlas, segala sesuatu berpusat pada ikhlas, mau bagaimanapun kita melakukan sesuatu, semuanya akan kembali pada ikhlas atau tidaknya kita melakukan hal tersebut.

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  154. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    si togog lucu ya pak, dia di beri jawaban malah tidur hahaha.
    dari dialog ini yang dapat saya lihat bahwa memang bisa di buat suatu matematika dari ikhlas. memang kreatif sekali. :)
    Dan untuk cucu bapak, yang sebentar lagi memasuki umur 1 tahun, semoga panjang umur, sehat selalu dan menjadi anak yang sholehah. Aamiin.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    ReplyDelete
  155. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Ikhlas merupakan perbuatan yang tidak mudah untuk dilakukan. Walaupun dalam hati sudah mencoba untuk ikhlas, tapi tetap saja ada rasa terpaksa walaupun hanya sedikit. Sulit sekali mengendalikan hati agar benar-benar murni ikhlas. Sama halnya dengan matematika. Tidak mudah untuk langsung mengerti. Semakin didalami ternyata semakin banyak kesulitan-kesulitan yang harus dihadapi. Kedua hal tersebut membutuhkan kerja keras agar dapat berhasil, karena tidak akan ada kesuksesan tanpa adanya kesungguhan dalam mencapainya.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  156. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu’alaikum wr wb
    Ikhlas merupakan suatu kata yang sulit untuk diartikan, karena yang mengetahui keikhlasan dari seseorang adalah dirinya sendiri dan Allah SWT. Sebagai manusia tentunya sudah pasti kita harus menerapkan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun dalam menerapkan keikhlasan tersebut bukan perkara yang mudah. Ikhlas tentunya harus dilakukan dalam segala hal. Mulai dari hal-hal yang kecil seperti ikhlas mendengarkan, berbicara, membaca, dan lainnya. Suatu hal jika dilakukan dengan ikhlas maka kita akan menikmati proses yang dilalui. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berusaha untuk menjadi orang yang ikhlas.

    ReplyDelete
  157. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Sungguh luar biasa sistematika ikhlas di dalam matematika pak.Dialog di atas juga menambah wawasan saya terkait dengan matematika ikhlas pak. Salah satu sistematika ikhlas yang selalu saya ingat di dalam matematika adalah saat kita memberi satu dan tidak mengharapkan apapun maka hasil yang kita dapat tidak terhingga. Seperti jika 1/0 = ~

    ReplyDelete
  158. 18701261002
    S3 PEP

    Salam Hormat, Prof.
    Penjelasan dari *Semar* kepada *Togog* tentang matematika ikhlas memang perlu penalaran yang mendalam untuk dipahami. Menurut saya, ini adalah contoh dari matematika model. sungguh luar biasa. yang saya pahami tentang relevansi matematika dengan keikhlasan adalah bahwa matematika sebagai mother of science, ikhlas dalam melayani ilmu-ilmu yang lain, memberi bantuan secara teoretis serta sebagai pelengkap sehingga bermanfaat bagi pengembangan ilmu-ilmu tersebut.

    ReplyDelete
  159. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Alangkah baiknya jika dalam setiap perbuatan kita dapat menyertakan keikhlasan didalamnya. Menjalani rutinitas harian pun juga harus ikhlas. Belajar matematika juga harus ikhlas. Mengajarkan matematika juga harus ikhlas. Ikhlas itu kerja hati, jauh lebih bermakna tanpa menyebutkannya secara lisan sehingga membuat banyak telinga lain mendengarnya, lakukan saja ikhlas sembunyi-sembunyi. Semoga kita selalu ikhlas untuk terus menuntut ilmu dimanapun, kapanpun, melalui apapun, dan bersama siapapun.

    ReplyDelete
  160. Kartianom
    18701261001
    S3-PEP 2018

    Terimakasih Prof atas konsep keikhlasannya yang begitu menarik disajikan dalam bentuk matematika. Saya jadi tertarik untuk ikut menyederhanakan konsep keikhlasan dari Prof ke dalam bentuk persamaan Teori Tes Klasik yang ditinjau dari Ilmu Pengukuran. Dalam Teori Tes Klasik dikenal satu persamaan X = T + E yang dapat juga disederhanakan menjadi T = X + E, dimana X adalah skor amatan, T adalah skor sebenarnya, dan E adalah kesalahan yang timbul dari proses pengukuran. Jika persamaan tersebut dikawinkan dengan konsep keikhlasan, maka T adalah keikhlasan yang sebenarnya yang dapat diperoleh dari proses reduksi keikhlasan yang tampak (X) dengan kesalahan pengukurannya. Keikhlasan yang sebenarnya adalah variabel latent atau variabel yang tidak tampak, sementara yang tampak adalah hasil/respon dari stimulus yang diberikan. Dalam konteks di atas, stimulusnya berasal dari togong yang bertanya tentang keikhlasan, sehingga keikhlasan yang tampak (X) adalah jawaban dari semar. Saat semar menjelaskan tentang keikhlasan pada togong, ternyata togong malah ketiduran. Faktor-faktor yang menyebabkan togong ketiduran inilah yang dinamakan kesalahan dalam pengukuran (E). Faktor-faktor tersebut bisa berasal dari penjelasan semar yang terlalu sulit untuk dipahami oleh togong, bisa juga faktor kelelahan yang berasal dari togong.

    ReplyDelete
  161. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berkaitan dengan tulisan diatas, bahwa keikhlasan dapat digolongkan dalam unsur aksioma. Dimana kita ketahui bersama bahwa aksioma adalah sesuatu yang tidak perlu dibuktikan atau sudah jelas kebenarannya. Contoh aksioma keihlasan adalah ketika rasa ikhlas itu ada maka amalan diterima begitupun dengan ketika rasa ikhlas tidak ada maka amalan ditolak, sebagaimana dalah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘jika engkau melakukan amal (ibadah), lakukanlah semata-mata karena Allah dengan ikhlas, karena tidak akan diterima amal ibadah dari hamba-Nya, kecuali yang dilakukan dengan ikhlas.” (HR. Bukhari)

    ReplyDelete
  162. Desi Nurwidawati
    18701261009
    S3 PEP 2018
    Selamat atas kelahiran cucunda yang sekarang sudah berusia 1 tahun. Semoga menjadi putri yang sholehah.

    Dalam setiap pekerjaan apapun jika dikerjakan dengan ikhlas, akan mendapatkan hasil optimal. Pekerjaan yang dikerjaan dengan ikhlas akan selalu memunculkan energi positif. Sehingga akan menghasilkan pekerjaan yang optimal

    ReplyDelete
  163. Janu Arlinwibowo
    PEP 2018

    Ikhlas itu bukan perkara mudah untuk dijabarkan, bahkan sekalipun dengan bahasa matematika yang dikatakan sebagai bahasa universal. Ikhlas kadang lebih mudah untuk dirasa daripada dideskripsikan.

    ReplyDelete
  164. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Sebelumnya saya ucapkan selamat atas lahirnya cucu bapak yang ketiga yang bernama Fiona Alfathunissa Tsaqif. Semoga menjadi anak yang sholihah dan berbakti kepada kedua orang tua. Aaamiin. Menanggapi matematika ikhlas yang bapak tuliskan, matematika ikhlas itu ternyata rumit untuk dipahami. Kenapa? Karena kita harus memunculkan apa itu ikhlas agar dapat memahami secara ikhlas, Sebenar-benar ikhlas adalah karena Allah SWT. Sebenar-benar memahami adalah menyelami. Sebenar-benar kerumitan itu asalnya dari diri kita sendiri. “Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 6)
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  165. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Keikhlasan dalam matematika merupakan dasar yang kuat untuk meyakinkan bahwa ilmu juga datang dari Allah yang disampaikan dari manusia ke manusia yang lain. Keikhlasan memiliki sikap sehingga sesuatu dapat dinyatakan ikhlasan jika seseorang melakukan sikap sikap tersebut. Tapi apabila di reduksi, bisa dikatakan ikhlas ataupun tidak. Ikhlas tidaknya seseorang tidak mutlak bisa di nilai seseorang. Karena sesungguhnya nurani masing-masinglah yang dapat menilainya. Kitalah yang harus berusaha untuk selalu ikhlas dalam mencari dan mengamalkan ilmu.

    ReplyDelete
  166. Hanif Cahyo Adi Kistoro
    S3 PEP 2018
    18701264004
    ikhlas adalah hitungan yang tidak terbatas pada kemampuan manusia
    apabila manusia sudah mencapai tahapan ini,maka matematika hitungan sudah berbeda rumusnya. seperti konsep sedekah yang secara logika kalau kita banyak sedekah secara nominal akan berkurang, tetapi ternyata semakin banyak sedekah yang terjadi adalah semakain banyak rejeki yang didapatkan. konsep sederhana seperti dalam surat Al ikhlas yang didalamnya tidak ada kata-kata ikhlas

    ReplyDelete
  167. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B

    Matematika mengajarkan kita tentang sebuah keihlasan. Sama seperti matematika yang sulit dimengerti, ikhlaspun sulit dimengerti karena berkenaan dengan hati nurani seseorang. Kita tidak bisa membaca hati nurani seseorang tetapi satu hal yang harus senantiasa dilakukan yaitu ihlas dalam menjalani segala sesuatu.

    ReplyDelete
  168. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum W.W
    Ikhlas adalah kunci utama meraih kesuksesan.Sebagai umat manusia sebaiknya berserah diri kepada Allah. Bila segala sesuatu yang diinginkan tidak terkabul, maka hendaklah ikhlas dan yakin bahwa Allah akan memberikan rencana terbaik-Nya kelak untuk kita. Begitu juga matematika, seperti bilangan imajiner. Sesuatu yang tidak dapat kita raih sebaiknya kita ikhlaskan karena kita tidak bisa mendapatkan hasilnya seperti yang kita harapkan

    ReplyDelete
  169. Lukman
    S3 PEP 2018
    18701264003

    Ikhlas

    Cuaca saat itu panas, Kemprul dan Semprul, dua sahabat sejak kecil bersepakat untuk berhenti di kedai dawet bu Merti untuk istirahat. Setengah hari mereka berkeliling untuk menyebar undangan pernikahan saudara sepupu Kemprul yang akan menikah di bulan Maulid dua pekan mendatang. Sambil menunggu dawet disediakan, mereka ngobrol dengan santai.

    Semprul: “Prul, seminggu yang lalu saya mendengarkan kultum Malam Rabu di Musholla, lik Qosim yang menyampaikan, bahwa Ikhlas itu seperti surat Al-Ikhlas. Namanya surat Al-Ikhlas, tetapi di dalam surat tersebut tidak ada satupun kata yang menyebut kata Ikhlas.”

    Kemprul: “Benar itu Prul, memang tidak ada satupun kata Ikhlas di dalam surat Al-Ikhlas. Berbeda dengan surat2 yang lain. Surat Al-Baqoroh ada kata Baqoroh, surat Al-Falaq menyebut kata Al-Falaq, surat An-Nas menyebut kata An-Nas.”

    Semprul: “Menurut lik Qosim, hal itu menunjukkan bahwa Ikhlas itu benar-benar hanya untuk/karena lil-Allah ta’ala. Mulai ayat 1 sampai 4 semuanya menunjukkan Sifat-sifat Allah SWT.”

    Kemprul: “Cocok Prul, lik Qosim terus menjelaskan gimana?”

    Semprul: “Lik Qosim menjelaskan, kalau ingin belajar Ikhlas, maka belajarlah surat Al-Ikhlas secara mendalam.”

    Kemprul: “Benar itu…”

    Dawet datang dibawa bu Merti…ada tiga mangkuk…

    Bu Merti: “Monggo…Silahkan…!”

    Kemprul: “Njih…kok tiga bu?”

    Semprul: “Tadi aku pesan tiga prul…kan ganjil lebih baik…he he.”

    Kemprul dan Bu Merti tertawa bareng mendengar Semprul menjelaskan…

    Kemprul: “Prul, kalau ingin belajar ihklas…yang satu mangkuk…dawetnya buat aku ya.”

    Mereka bertiga tertawa bareng2…sampai2 bu Merti masih tertawa sambal duduk di depan gerobaknya.

    Setelah meminum semangkuk dawet..Semprul kemudian bertanya.

    Semprul: “Prul…aku ingin belajar ikhlas beneran.”

    Kemprul: “Ya itu tadi Prul, bisa dimulai dengan memahami surat Al-Ikhlas.”

    Semprul: “Aku diajari ya.”

    Kemprul: “Insya Alloh.”

    Semprul melanjutkan minum mangkuk kedua dawetnya…ada perasaan bahagia dan serasa manis seperti dawet yang ia minum…ia membatin: “Ikhlas seperti surat al-Ikhlas…Tidak ada kata Ikhlas dalam surat Al-Ikhlas. Sepertinya menarik ini.”

    (Kalitirto, 20 September 2018)

    ReplyDelete
  170. Septia Ayu Pratiwi
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum Wr., Wb.
    Ada beberapa hal yang sebenarnya juga sulit saya pahami seperti mbilug yang mengatakan bahwa matematika ikhlas itu sulit. Mungkin ikhlas itu tidak terukur dan berwujud. Namun sebagai makhluk ciptaan-Nya, berlaku ikhlas juga merupakan anjuran dalam berbuat sesuatu yang melalui syarat-syarat tertentu. Berlaku ikhlas mungkin bisa meluruhkan kesombongan yang ada pada diri sendiri,yang belum tentu kita sebagai manusia menyadari akan hal itu. Jadi ikhlas adalah perkara hal yang melibatkan manusia dengan pencipta-Nya. Dan juga selamat untuk kelahiran cucu ke-3 bapak,semoga menjadi anak yang sholehah dan berbakti kepada orang tua.

    ReplyDelete
  171. Lukman
    S3 PEP 2018
    18701264003


    Ikhlas: Ruh Amal

    Musholla Al-Hidayah saat itu lengang…jamaah sudah pulang kecuali Kemprul dan Semprul. Musholla Al-Hidayah yang terletak di tengah2 kebun…agak jauh dari perumahan warga kampung…menjadikan suasana lenggang menentramkan.

    Semprul duduk di serambi musholla, sementara Kemprul masih di dalam musholla. Semprul sengaja menunggu Kemprul, karena dia ingin benar2 belajar Ikhlas. Semprul melihat sosok Kemprul di dalam Musholla. Kemprul duduk bersila, tepekur diam…Semprul membatin: “apa yang sedang dilakukan Kemprul ya?” Saat Semprul membatin itu…Kemprul kelihatan bergerak dan berdiri dan berjalan menuju ke arah Semprul.

    Kemprul: “Kok belum pulang Prul?”

    Semprul: “Kan menunggumu.”

    Kemprul: “Ada apa e?!”

    Semprul: “Aku ingin belajar yang kemarin itu Prul…Ikhlas seperti surat al-Ikhlas…Tidak ada kata Ikhlas dalam surat Al-Ikhlas. Menurutmu bisa dimulai dari mempelajari Surat Al-Ikhlas lebih mendalam.”

    Kemprul: “Ya memang benar seperti itu, kalau ada orang mengatakan bahwa dia melakukan shodaqoh, umpamanya. Dia bilang ‘saya ikhlas’ maka tidak sama dengan Ikhlas dalam konsep surat al-Ikhlas. Ikhlas itu betul-betul tidak terlihat, karena sesungguhnya yang terlihat hanya indikatornya saja.”

    Semprul: “Terus…mempelajari ikhlas dari surat Al-Ikhlas itu mempelajari ayat-ayatnya kan?!”

    Kemprul: “Benar…tapi ini dulu Prul…ikhlas itu benar2 tidak terlihat, sebagaimana dlgambarkan oleh seorang ulama besar Prul, namanya terkenal disebut dengan Ibnu Athaillah As-Sakandari. Menurutnya Ikhlas itu ruh dari amal. Sebagaiamana ruh kita yang tidak kelihatan, maka ruh amal juga tidak kelihatan. Sebagaimana ruh pada tubuh yang mempunyai daya hidup, yang apabila ruh tidak ada tubuh menjadi mati, maka amal juga seperti itu, kalau tidak ada ikhlas, maka amal kita seperti bangkai.”

    Semprul: “Mati…seperti bangkai…emm…”

    Kemprul: “Lha…untuk bisa benar2 Ikhlas…maka seseorang harus benar menghikmati Al-Ahad…Qul Huwa Allohu Ahad. Katakanlah, Dia adalah Esa.”

    Semprul: “Aku sejak dulu sudah hafal Prul.”

    Kemprul: “Ya benar juga, anak SD juga hafal. Namun sekarang umurmu sudah 35an tahun, apakah sudah
    lebih mendalam maknanya daripada anak SD.”

    Semprul: “Mendalam gimana maksudnya?”

    Kemprul: “Salah satunya, apakah kamu sudah benar2 merasa diperintah Allah SWT untuk mengatakan Allah adalah Esa? Al-Qur’an itu untuk pedoman untuk kita bagaimana cara beriman, beribadah, dan bermuamalah. Oleh karenanya saat ada ayat ‘Katakanlah Allah adalah Esa’, maka kita juga selayaknya meniru Rasulullah SAW juga mengatakan Allah adalah Esa.”

    Semprul: “Iya ya, aku baru kepikiran sekarang. Berarti aku seperti anak SD ya Prul he he.”

    Kemprul: “Masak ada anak SD umur 35 tahun Prul…he he."

    Kemprul dan Semprul tersenyum…seperti senyum rembulan di tanggal 6.

    (Kalitirto, 21 September 2018)

    ReplyDelete
  172. Ady Ferdian Noor
    DikDas S3
    18706261004

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Aamiin.. mudah2an menjadi anak yang Sholeha..Aamiin. Kalau diamati secara umum yang dibahas disini mengenai hidden curriculum yang terdapat dalam pembelajaran Matematika. Ikhlas adalah salah satu budaya sosial yang harus didapat peserta didik. terlepas dari pembelajaran Matematika itu saya sadar bahwa ikhlas itu sangat sulit dilaksanakan tidak semudah menurunkan rumus atau melaksanakan rumus yang sudah ada. Sama Ikhlas mudah diucapkan sangat susah dilaksanakan..mudah2an saya mendapat hikmah dari tulisan ini Aamiin.

    ReplyDelete
  173. Darmanto Minggele
    S3-PEP 2018
    18701264006

    "Katakanlah (Wahai Muhammad) jika kamu menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu melahirkannya, pasti Allah mengetahui". Allah mengetahui apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.(QS. Ali Imran : 29)

    ReplyDelete
  174. Ameliasari Tauresia Kesuma
    18701261015
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

    Ikhlas itu butuh diuji - tidak serta merta ikhlas lisan saja, tapi hati - tidak berharap apapun selain ridho Allah

    Baru belajar ikhlas
    Semangaatt..

    ReplyDelete
  175. Lukman
    S3 PEP 2018
    18701264003

    Ikhlas dan Meng.Nol.kan Ego

    Seusai membendung saluran air yang mengairi sawahnya, Semprul duduk mengawasi air yang masuk ke sawahnya. Semprul mengingat kembali percakapannya dengan Kemprul bahwa bisa jadi seseorang yang berumur 35 tahun mempunyai pemahaman yang tidak berbeda dengan anak SD tentang makna ‘Ahad’ dalam ayat 1 surat Al-Ikhlas.

    Saat itu dia bertanya: “Memangnya makna Ahad yang dalam itu gimana?”

    Kemprul menjawab: “Gambarannya seperti sahabat Bilal, saat beliau disiksa oleh tuannya karena masuk Islam, dicambuk, dijemur di padang pasir, ditindihkan badannya batu besar yang panas, beliau hanya menyebut Ahad, Ahad, Ahad.”

    Saat itu Semprul reflex menjawab: “Waouw…sulit berarti ya Prul, praktisnya gimana caranya Prul?”

    Kemprul menjawab: “Belajar meng.nol.kan ego dan berdoa.”

    Semprul membatin: “Besok kalau ketemu Kemprul lagi aku akan tanyakan makna dari meng.nol.kan ego.”

    Semprul kemudian berdiri mengelilingi sawahnya dan memperhatikan air yang mulai meresap ke sudut2 sawahnya. Sementara malam semakin lengang…dan sayup2 terdengar dialog Semar dan Mbilung dari radio di sebuah rumah tetangganya.

    (Karangmalang, 24 September 2018)

    ReplyDelete
  176. hanif cahyo adi kistoro
    18701264004
    S3 PEP 2018

    saat ego dan keinginan diri telah melebur maka semua yang dilakukan semata atas kuasa-Nya. tidak ada ikhlas yang tampak dalam raga, ikhlas tersimpan dalam hati dan sanubari.

    ReplyDelete
  177. Darmanto Minggele
    18701264006
    S3 PEP

    Matematika ikhlas, ikhlas kok di matematika??
    Dimana ikhlasnya??
    Ow ternyata ikhlas gak bisa di matematika tapi matematika kudu ikhlas. Pusing bin mumet.

    ReplyDelete
  178. Assalamu Alaikum Wr.Wb
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan matematika 2018

    "1. x disebut ikhlas terhadap ti, jika ditemukan ti di dalam Tn, sedemikian sehingga ti memuat xi.
    2. x disebut ikhlas dalam Tn, jika untuk setiap xi selalu dapat ditemukan Ti himpunan bagian dari Tn", kata Prof Marsigit.
    Sedikit sulit untuk dipahami, akan tetapi menantang untuk dicermati baik-baik.

    ReplyDelete
  179. Lukman
    S3 PEP 2018

    Mengenal.Nya Sungguh Membahagiakan

    Saat itu, mendung agak tebal menghiasi sore. Semprul dan Kemprul duduk santai di tanggul selokan Mataram. Satu saat, Kemprul menghela nafas panjang, kemudian berkata:

    Kemprul: "Prul, selokan ini dulu atas ide HB IX, salah satu raja terbaik yang dikenang rakyat Jogja sebagai raja yg bijak. Selokan Mataram ini dulu dibangun untuk siasat menghindarkan rakyat Jogja dari Kerja Paksa penjajah Jepang."

    Semprul: "Iya Prul, malah banyak yg cerita beliau waktu mengusir penjajah Jepang, beliau terlihat di banyak tempat pada waktu bersamaan."

    Kemprul: "Waktu pemerintah RI mengungsi ke Jogja, beliau menanggung gaji pemerintah saat itu. Beliau juga banyak diceritakan blusukan ke sentra2 kegiatan rakyat. Bahkan karena ada yg tdk tahu kalau beliau HB IX, rakyat meminta beliau untuk membantu menaikkan padi ke gerobak, dan beliau melakukan itu dengan tanpa canggung sedikitpun."

    Semprul:"Apik tenan ya Prul?"

    Kemprul diam dan pandangannya menerawang. Matanya terlihat mengembun. Kemudian dia berkata...

    Kemprul: "Seandainya...ini seandainya Prul, beliau masih hidup dan bilang ke kamu...Sy Raja Jogja, kamu jawab apa Prul?"

    Semprul: "Ya saya jawab Prul, Sendiko Sinuwun, Ya siap Paduka."

    Kemprul: "Kalau beliau menyuruhmu...Semprul katakan bahwa HB IX adalah Raja Jogja, kamu mau Prul?"

    Semprul: "Ya mau Prul, dengan hati bahagia berbunga2 aku akan mengatakan HB IX adalah Raja Jogja."

    Kemprul dan Semprul kemudian sama2 diam...setelah beberapa saat...Semprul bertanya...

    Semprul: "Prul, aku mau tanya kelanjutannya mendalami surat Al-Ikhlas agar mampu ikhlas dg sesungguhnya. Saat itu engkau menjawab dengan mendalami Surat Al-Ikhlas. Lalu mendalami Surat Al-Ikhlas caranya meng.nol.kan ego. Gambarannya seperti sahabat Bilal disiksa tetap teguh berkata Ahad, Ahad, Ahad. Lha kelanjutannya seperti apa? Bagaimana cara meng.nol.kan ego?"

    Kemprul: "Caranya seperti engkau dengan hati berbunga bahagia mengatakan HB IX adalah Raja Jogja."

    Semprul: "Lha...maksudnya gimana?"

    Kemprul: "Saat seseorang mengetahui dg keyakinan sepenuhnya Bahwa Allah adalah Maha Esa, seperti keyakinanmu HB IX adalah Raja Jogja, maka orang itu akan berbunga hati bahagia mengatakan bahwa Allah adalah Esa."

    Semprul: "Ooh...jadi sejak tadi...kamu menyampaikan kelanjutan aku belajar ikhlas tho?!"

    Kemprul hanya tersenyum melihat Semprul keheranan...

    (Ngabar, 29 September 2018)

    ReplyDelete
  180. Tak Usah Gelisah, Berlabuhlah

    Pengajian Rutin Musholla Al-Hidayah malam itu tdk seperti biasanya. Lik Qosim tdk bisa hadir malam itu. Pesan Lik Qosim, Kemprul yg menggantikan.

    Awalnya, seperti biasa Kemprul memulai di atas mimbar, tapi hanya pembukaan, lalu Kemprul minta izin untuk menyampaikan ceramah sambil duduk bersama jamaah.

    Lha...yg menarik tema pengajian yg tdk biasa. Kemprul menyampaikan bahwa tema pengajian adalah "Tak Usah Gelisah, Berlabuhlah".

    Lik Abdul mendengar tema itu, berbisik kepadaku "Wah...Kemprul mau berpuisi." Aku tersenyum saja mendengarnya. Tiba2 aku menjadi kaget dan konsentrasi penuh mendengar Kemprul menyampaikan...

    Kemprul: "Makna Allahu Ahad menurut ahli tafsir bahwa Allah Esa karena satu-satunya. Tidak ada yg menyamai kekuasaan, rahmat kasih sayangnya, ataupun kreatifnya.

    Bapak ibu, saudara saudari rohimakumulloh. Kalau keyakinan kita penuh dalam dada, maka kita pasti bangga diberi imam kepada Allah SWT dan dengan suka rela kita menyerahkan hidup mati kita kepada Allah SWT, sebagaimana doa ifititah innasholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku, matiku adalah milik Allah dan kudedikasikan untuk Allah tuhan semesta alam."

    Kulihat Kemprul menyampaikan dengan mantap...ia mengambil nafas panjang dan kemudian melanjutkan...

    "Allah SWT berfirman setelah Allahu Ahad, adalah Allahus Shomad. Allahus Shomad menurut ahli tafsir adalah Dzat yg sangat tepat, kuat, dan nyaman untuk bertawakkal. Bagaikan bantal kapas yg nyaman untuk disandari. Jadi...Bapak2, ibu2, saudara-saudari rohimakumulloh...kedalaman pemahaman terhadap Allahu Ahad dan kemantapan keyakinan terhadap Allahu Ahad...akan mendorong seseorang berpasrah atau bertawakkal atau berlabuh kepada Allah SWT. Mereka2 yang mampu seperti ini jarang resah, gelisah, takut, karena mereka punya Allah SWT Tuhan semesta alam. Bila kegelisahan mulai menjalari hati, mereka mengingat Allah SWT, maka terpupuslah kegelisahan itu."

    Sayup2 terdengar...Allahu Akbar, Allahu Akbar...Semprul kaget dan membuka matanya...kemudian mengucapkan Alhamdulillah2.

    Semprul tadi ternyata sedang duduk beristighfar dan bersholawat...lalu seperti mimpi kejadiannya...namun Semprul bersyukur mendapatkan pelajaran yg sangat bermakna.

    Semprul kemudian berdiri dan merasakan hatinya bahagia dan badannya segar. Kemudian dia menuju sumur di belakang rumahnya untuk berwudlu.

    (Ngabar, 30 September 2018)

    ReplyDelete
  181. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  182. Lukman
    18701264003
    S3 PEP

    Tafakkur, Instrumen Meng.Nol.kan Ego

    Semprul mengurai kembali pengalaman batinnya dalam keheningan wiridnya sebelum fajar tadi. Sudah beberapa hari ini Semprul melakukan saran Kemprul untuk membaca Surat Al-Ikhlas dengan niat memohon petunjuk kepada Allah SWT agar bisa menjalani kehidupan dengan lebih Ikhlas. Surat Al-Ikhlas dibaca berulang kali setelah sebelumnya membaca Istighfar, sholawat, dan Kalimah Thoyyibah La Ilaha Illalloh, dan Muhammadurrasululloh.

    Awalnya, sehingga Semprul melakukan wiridan tersebut…saat ia melihat Kemprul duduk berdzikir lebih lama daripada orang-orang lainnya setelah sholat jamaah Maghrib.

    Semprul: “Prul, Seringkali aku melihatmu berdzikir lama setelah sholat Maghrib.”

    Kemprul: “Iya Prul, itu wujud kesungguhan dalam upaya untuk betul-betul menjadi hamba Allah SWT.”

    Semprul: “Yang dibaca berdzikir apa Prul?”

    Kemprul: “Semua kamu sudah hafal Prul. Cuma mungkin…selama ini kamu membacanya sambal lalu saja, sedangkan aku diajari untuk menghikmatinya, mentafakkurinya. Bacanya ya…istighfar, sholawat, dan la ilaha illalloh.”

    Semprul: “Menghikmati, mentafakkuri…gimana caranya Prul.”

    Kemprul: “Kalau kamu ingin sawahmu hasilnya lebih banyak dari biasanya gimana Prul?”

    Semprul: “Iya aku cari ilmunya, aku lihat kekurangan2 pengarapannya selama ini, aku pupuk, aku obati kalau kena hama.”

    Kemprul: “Lha itu, begitu juga kalau kamu ingin lebih banyak menghikmati dan mentafakkuri bacaan dzikir2 itu, kamu coba ulang-ulang, dipelajari maknanya, dirawat dengan istiqomah melakukannya.”

    Semprul: “Ooh…kalau aku memulai seperti kamu boleh Prul?”

    Kemprul: “Ya boleh saja, yang penting Ikhlas-kan niat.”

    Semprul: “Lha, kembali lagi Surat Al-Ikhlas…he he he.”

    Kemprul: “Iya…kamu baca Istighfar, sholawat, la ilaha Illalloh, muhammadur rasulullah, kemudian surat Ikhlas berkali-kali.”

    Kemudian Semprul menjalaninya…beberapa hari kemudian karena kalau habis sholat Magrib Semprul merasa kurang Khusyu’…Kemprul memberikan saran untuk membacanya setelah sholat Tahajjud. Setelah beberapa minggu Semprul dzikir setelah Sholat Tahajjud, ia mendapat pengalaman batin saat ia berdzikir.

    Semprul berniat akan menanyakan pengalamannya kepada Semprul. Sebetulnya, Semprul ingin sekali segera bertemu Kemprul, namun entah beberapa minggu ini ia tidak pernah bertemu dengan Kemprul. Semprul dengan tanpa kesadaran penuh…tiba2 mengucap dengan lirih..”mudah2an Allah SWT menganugerahkan kesehatan kepada Kemprul. Amin…”

    (Kalitirto, 5 Oktober 2018)

    ReplyDelete
  183. Muhammad Fendrik
    18706261001
    S3 Dikdas 2018
    Sebelumnya terima kasih Prof Marsigit untuk ilmunya hari ini.
    Aamiiin ya Allah..berarti sekarang umur Fiona kurang lebih adalah 1 tahun 3 bulan.
    Dalam mempelajari matematika memang harus dimulai dari hati yang benar-benar ingin mempelajarinya, tanpa hal ini saya rasa setiap orang akan merasa kesulitan dalam mempelajari dan memahami matematika. Apalagi jika orang yang belajar matematika tidak memahami kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete