Sep 25, 2017

*UJIAN KEIKHLASAN*



Oleh: Marsigit UNY



*Semar*:
Ue lah... dunia terasa hangat memanas, ternyata ada aktor intelektualnya. Togog, huebat kamu, bisa bikin pengaruh macam macam. Cuma sayangnya, yang kamu buat itu, pengaruh buruk.

*Togog*:
Aku memang turun ke bumi dalam keadaan kurang ikhlas, karena di fitnah Manikmaya. Sudah tekdirku aku menjadi sarana menyebarkan ketidak ikhlasanku di dunia ini.

*Semar*:
Ue lah... buruk ya buruk, tetapi jangan ditular tularkan ke orang lain.

*Togog*:
Lho apa kamu lupa tentang hakikat hidup, ajaran kakek Sang Ywang Tunggal? Sebenar benar orang hidup itu adalah ujian. Barang siapa lulus dari godaanku, pertanda dia lulus dalam hidupnya.

*Semar*:
Tetapi, jika orang yang engkau pengaruhi menjadi buruk betul gara gara kamu, apakah engkau tidak menanggung dosa?

*Togog*:
Dosa adalah setiap ketidak ikhlasan. Aku turun ke bumi dalam keadaan tidak ikhlas, itu artinya, aku dalam keadaan dosa.

*Semar*:
Sudah tahu dosa, kok diterus teruskan? Kenapa tidak istighfar mohon ampun kepada yang Kuasa?

*Togog*:
Berbuat salah, buruk, dosa itu lebih enak, lebih murah dan lebih menyenangkan, juga lebih nyata dan lebih praktis.

*Semar*:
O lah ternyata kamu sudah menjadi buruk betul. Padahal dulu kamu dewa kakaku bernama Tejamaya. Itulah ternyata, kamu selalu berpikir buruk, maka kamu akan terkena keburukan juga. Yah dunia itu pilihan. Itu sudah menjadi pilihanmu.

*Togog*:
Lha kamu turun ke bumi menjadi orang miskin, menjadi orang berderajat rendah seperti itu, apa tidak susah?

*Semar*:
O lah ... ternyata keburukanmu telah menutup pikiran dan hatimu. Dulu kamu adalah dewa yang cerdas dan baik hati. Tetapi sekarang sudah tertutup hati dan pikiranmu. Ternyata hidup itu bisa mengalami penurunan kualitas. Maka kamu tergolong orang yang merugi.

*Togog*:
Kalau saya melihat dirimu seperti itu tidak tahan. Sudah miskin, tak merasa kalau miskin.

*Semar*:
E hue... begini aku merasa senang. Walaupun aku juga difitnah oleh Manikmaya, tidak aku rasakan sebagai fitnah, tetapi aku rasakan sebagai ujian. Turun ke bumi bagiku bukan siksaan, tetapi anugerah bisa mengalami berbagai kesempatan hidup. Walaupun miskin asal kaya di dalam hati. Bagiku, di dunia itu tidak ada orang miskin. Orang harus selalu merasa bersyukur apapun keadaannya. Engkau bernapas tidak perlu beli oksigen, minum air sumur melimpah, melihat dan mendengar apa saja bisa. Kamu diberi kesehatan. Bukankah itu semua adalah kekayaan dan anugerah yang diberikan Alloh SWT kepada kita. Kurang rasa syukurmu itulah penyebab engkau merasa miskin.

*Togog*:
Lung, endi ombeku karo obate sisan. Wis krasa nggliyer.

*Semar*:
E lah dalah, dijak bicara, jebul mulai mabuk Togog ini. O hidupmu aluamah dan hedonisme Gog. Naudzubilah mindzalik. Reng, Truk lan Bagong jangan dekat dekat kerbau kotor, nanti bisa ikut kotor. Ayo jauhi Togog. Jangan dekat dekat. Hidup itu ada 2 pilihan: ikhlas atau tidak ikhlas. Pilihan itu akan menjadi awal, proses dan tujuan atau hasil dari hidupmu. Jika awal dari hidupmu tidak ikhlas maka seluruh hidupmu juga akan tidak ikhlas. Sebenar benar tidak ikhlas adalah dosa dan neraka. Itulah anak anakku, maka selalu berdoalah dan memohon ampun kepada Alloh SWT dan memohon bimbingan dalam hidupmu. Semoga kebaikan kebaikanmu menjadi amal amalmu. Aamiin ya robbul alamin.

*END*






















22 comments:

  1. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Ikhlas itu mudah di ucapkan, susah dilaksanakan.
    Ikhlas itu samar-samar bisa terlihat tapi tidak jelas aslinya..
    Ikhlas itu tidak bisa dilihat dari luar dan tidak ada yang tahu, kecuali sang pencipta Allah SWT dan orang itu sendiri..
    Oleh karena itu ujian keikhlasan sebenarnya tidak bisa mencerminkan nilai ikhlas yang sesungguhnya..ikhlas tidak ada validitas dan reabilitasnya, karena ikhlas sebenarnya bukan untuk diuji..

    ReplyDelete
  2. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan Ujian Keikhlasan bahwa Keikhlasan adalah ibadah hati. Ia harus kita mulai usahakan muncul dalam diri kita dengan upaya terus menerus dan kesabaran atasnya. Tentu amat sangat penting ilmu yang benar menopangnya.
    Keikhlasan akan terjadi manakala kita tidak lagi menyadari bahwa kita ikhlas. Ketika kita masih menyadari rasa ikhlas tersebut, sesungguhnya kita belum ikhlas.

    ReplyDelete
  3. Muhammad Fendrik
    18706261001
    S3 Dikdas 2018
    Sebelumnya terima kasih Prof Marsigit untuk ilmunya hari ini. Saya akan mencoba mengomentari artikel ini sesuai dengan pemahaman saya.
    Keikhlasan merupakan memberikan, menerima, melepaskan, memasrahkan, menghalalkan atau menyerahkan sesuatu dengan rasa tulus hati dan bersih hati karena menurut saya yang namanya ikhlas tidak bisa terlihat dari ucapan kata-kata, perbuatan, dan pemikiran seseorang akan tetapi dapat tergambar di dalam kesucian hati seseorang. Perihal percakapan atau diskusi Togog dan Semar tentang dosa itu murah menurut saya kurang tepat karena untuk berbuat dosa juga perlu modal besar seperti ingin berbuat dosa dengan pergi ke tempat-tempat yang dilarang seperti: diskotik, bar dan semacamnya. Oleh karena itu benar yang dikatakan Semar bahwa kalau kita sudah tau itu adalah sebuah perbuatan dosa maka kita harus segera mohon ampun kepada Tuhan yang Maha Mengetahui segala perbuatan yang kita lakukan di dunia ini.

    ReplyDelete
  4. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Saya sepakat bahwa pilihan akan menjadi awal dari semua keputusan sampai dengan hasil akhir hidup kita. Ada pilihan untuk ikhlas dan tidak ikhals, tapi jika kita memilih untuk tidak ikhlas, maka sampai akhir pun akan seperti itu. Hendaknya sebelum kita menentukan pilihan, ada baiknya untuk selalu dipikirkan terlebih dahulu mengenai konsekuensi yang akan diperoleh.

    ReplyDelete
  5. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Selalu menjadi topik yang sensitif tiap kali hanya membaca dari judulnya. Karena memang ikhlas pada jaman sekarang semakin terumbar maksud dan tujuannya. Mengumbar ikhlas untuk menarik perhatian para khalayak untuk bersimpati padanya dan dia memulai gerakan yang akan menyesatkan khalayak dengan pernyataannya. Bila ikhlas tidak terumbar, bukankah lebih nyaman karena orang lain akan bebas berpikiran diri ini ikhlas atau tidak, lbeih tepatnya penasaran dan akan berusaha positif thinking. Jadi sebenarnya, ikhlas yang tidak terucap ini sekaligus menguji persepsi orang lain apakah akan berpikiran positif atau malah negatif dan mencari kesalahan.

    ReplyDelete
  6. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Hidup didunia ini adalah pilihan ikhlas dan tidak ikhlas. Pilihan itu menjadi niat kita untuk mencapai tujuan hidup. Ketidakikhlasan adalah dosa. Maka sebenar-benar hidup adalah ikhlas menerima segala yang telah ditakdirkan oleh Alloh SWT. Ketidakikhlasan adalah godaan setan maka berdoalah memohon ampun atas dosa-dosa yang telah diperbuat dan meminta dilindungi dari segala godaan setan yang terkutuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endah Kusrini
      18709251015
      S2 Pendidikan Matematika A 2018

      Sedikit menambahkan, bahwa ikhlas atau tidak ikhlas memang menjadi pilihan masing-masing. Barangkali hasil yang diperoleh didunia, menurut penilaian manusia, dengan melakukan suatu tindakan secara ikhlas atau tidak ikhlas adalah sama. Akan tetapi hasil dari penilaian Allah tentu saja berbeda. Hendaklah manusia melakukan sesuatu semata-mata karena Allah, bukan karena penilaian manusia semata.
      Terima kasih.

      Delete
  7. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    "Hidup itu ada 2 pilihan: ikhlas atau tidak ikhlas"
    Sebelum bertindak, kita oasti diberikan pilihan. Pilihan merupakan awal dari proses menuju tujuan dari hasil pilihan kita. Jika sejak awal saja tidak ikhlas, maka sia-sia, celakalah kita karena tidak akan mendapatkan apa-apa. Hanya pengaruh negatif saja yang akan di terima. Berbeda halnya jika kita melakukan semuanya dengan ikhlas. Maka, hidup kita akan berfaedah. Sehingga pengaruh positif yang akan bersama kita.

    ReplyDelete
  8. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018

    Beramal baik itu mudah. Mengukur keikhlasan itu yang rumit. Karena diri sendiri pun belum tentu bisa mengukurnya. Apalagi jika kita meyakini bahwa perbuatan baik keikhlasan itu akan terus diuji dari sejak melakukan suatu kebajikan (sodaqoh misalnya) yang yang memberi meninggal. Karena itu, bias saja hari ini dia ikhlas, karena satu dan lain hal akan berubah di hari berikutnya. Masalahnya adalah, ketika instrumen yang membuat orang tidak ikhlas itu hadir, apakah bias diperbaiki di lain waktu, sehingga perbuatan baik itu akan kembali ke derajat ikhlas. Ini pertanyaan yang belum bias saya temukan jawabnya.

    ReplyDelete
  9. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Sebenar-benar hidup adalah ujian. Dalam hidup ini semua orang pasti akan merasakan ujian. Baik itu dalam tingkat yang rendah, sedang, maupun tinggi. Semakin tinggi tingkat keimanan seseorang, maka semakin tinggi ujian yang akan diberikan. Ujian hidup berguna untuk lebih meningkatkan derajat manusia dihadapan Allah. Oleh sebab itu, janganlah mudah menyerah dengan ujian, karena ujian yang datang tidak akan melebihi batas kemampuan kita sehingga kita harus ikhlas dan terus berusaha untuk dapat menghadapinya. Amiin
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endah Kusrini
      18709251015
      S2 Pendidikan Matematika A 2018

      Saya setuju bahwa: “Semakin tinggi tingkat keimanan seseorang, maka semakin tinggi ujian yang akan diberikan.” Selain itu, semakin tinggi tingkat keimanan seseorang, maka syeitan yang mengganggunya juga semakin kuat. Untuk itu manusia memang harus terus menerus meningkatkan kualitas dan kuantitasnya dalam beribadah kepada Allah.

      Delete
  10. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Memang, manusia seringkali kurang bersyukur sehingga merasa dirinya miskin. Senang membanding-bandingkan kehidupan sendiri dengan kehidupan orang lain. Parahnya lagi yang menjadi tolak ukur adalah harta atau kekayaan. Padahal harta sifatnya hanya sementara. Harta sifatnya hanya titipan dari Yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
  11. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Urgensi ikhlas dalam menjalani hidup. Makna ikhlas adalah semata-mata untuk mendapatkan ridho Allah dan ikhlas bukan perkara ucapan dibibir melainkan hablu minallah yaitu hubungan kita langsung dengan Allah Ta’ala atau perkataan hati. Sebesar apapun ujian yang kita dapatkan maka sabar dan ikhlaslah jawabannya. Karena dibalik kesabaran dan keikhlasan ada hikmah dari setiap ujian/cobaan yang kita dapatkan.

    ReplyDelete
  12. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sebaik-baik perubuatan adalah ikhals semata-mata karena Allah. Ikhlas dan tidak ikhlas yang dimaksud dalam tulisan ini adalah perkara kebaikan dan keburukan. Sebagaimana dalam alam semesta ini, selalu ada dua hal yang berpasangan yakni baik dan buruk, kaya dan misikin, dan masih banyak lainnya. Maka dari kedua hal tersebut, kita akan dihadapkan dengan dua pilihan yang dimana kita memiliki kehendak untuk memilih arah hidup dan tujuan masing-masing. Namun, perlu kita ingat bersama bahwa tujuan adalah hanyalah untuk beribadah kepada Allah Ta’ala. Sebagaimana kesuksesan seorang hamba adalah memperoleh jannah Allah Ta’ala.

    ReplyDelete
  13. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Ujian dalam hidup manusia bisa jadi ujian buruk dan ujian baik. Maksudnya, ujian buruk karena diuji dengan beban masalah yang harus diselesaikan, ujian baik karena ujian diberikan kebaikan bertubi-tubi sehingga diharapkan bisa mempertahankan sikap syukur dan tetap rendah diri. Bila berbicara ujian lain yang membutuhkan kombinasi keduanya yaitu baik dan buruk atau bisa disebut dengan keikhlasan. karena ikhlas bisa karena sebab yang buruk dan mengharapkan baik begitu sebaliknya. Maksudnya yaitu mengikhlaskan yang mneurut kita baik padahal menurut orang lain buruk, sehingga bisa jadi orang lain membantu kita untuk membuka mata dan sadar diri.

    ReplyDelete
  14. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Ikhlas menjadi topik yang sering dibahas baik di pembicaraan maupun dalam cerita, dongeng bentuk tulisan. Banyak yang mengatakan bahwa salah satu bentuk ujian yang paling sering sulit untuk dilukan adalah ikhlas, karena memang mudah secara verbal tetapi sebenarnya masih ada konflik di dalam hati yang berlawananan dengan apa yang telah diverbalkan. Oleh karena itu, diperlukan penyesuaian antara hati, pikiran, dan verbal yang memang tidak menunjukkan bahwa ikhlas atau tidak.

    ReplyDelete
  15. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ujian ikhlasan datang pada saat sesorang kehilangan sesuatu yang dimiliki. Ujian keikhlasan bisa datang kapapun dan dimanapun. Ujian datang untuk membuat sesorang lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak.setiap manusia mendapatkan ujian keikhlasan untuk menegtahi seberapa bisa manusia sabar dan menerima ujian tersebut. terimakasih

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B


    Ikhlas adalah sesuatu yang mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan, mungkin kita sangat familiar dengan kalimat tersebut. Memang benar sekali bahwa ikhlas itu hanya bisa dinilai oleh Allah semata, saat seseorang mengatakan dirinya ikhlas namun belum tentu dalam hatinya juga ikhlas sepenuh hati. Jadi sebenar-benar ikhlas hanyalah sesuatu yang benar-benar dilakukan dari hati tanpa mengharapkan sesuatu imbalan dan dilakukan semata-mata demi mendapat Ridha Allah SWT.

    ReplyDelete
  17. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Ujian keikhlasan yang diberikan kepada kita merupakan tanda bahwa Allah SWT sayang kepada kita. Karena kita tahu keikhlasan seorang manusia tidak dapat diukur dan tidak mampu untuk dilihat. Ikhlas memiliki satu tujuan dalam hidupnya yaitu keridhoan Allah SWT terhadap apa yang kita lakukan.

    ReplyDelete
  18. Lumaurridlo
    18701261010
    S3-PEP 2018


    ilmu ikhlas adalah buah dari kesabaran. seseorang dapat berlaku sabar apabila dia dapat melampaui serial kehidupan di tiap momen yang menyakitkan, menyulitkan, dan ketrpurukan dengan sabar dan syukur. pepatah jawa mengatakan orang sabar itu subur
    itulah mungkin sudah menjadi hukum alam bahwa orang sabar itu akan sukses menggapai apapun. setelah manusia itu menguasai ilmu sabar, selanjutnya dia masuk kedalam fase ilmu ikhlas. orang-orang ikhlas memiliki power atau kekuatan yang luar biasa. Mereka lebih hebat daripada gunung, besi, api, air, dan angin. Orang-orang ikhlas menjadikan power Tuhan sebagai kekuatannya. Kebanyakan di antara mereka tidak populer di bumi, tetapi amat populer di langit. bahkan iblispun takkan mampu menggoda hambanya yang ikhlas terhadap tuhannya. namun begitu keikhlasan ujiannya begitu berat. seseorang yang masih

    ReplyDelete
  19. Hanif Cahyo Adi Kistroro
    18701264004
    S3 PEP 2018

    Menjadi Baik itu berat. keihlasan itu bagian dari kebaikan. sesuatu yang menuju baik akan selalu bnayak halangan dan rintangan. menerima ujian dan meyakini akan munculnya hasil kebaikan perlu kesabaran. semakin ada ujian berarti semakin cepat hasil kebaikan akan datang.

    ReplyDelete
  20. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Hidup itu selalu ada 2 pilihan yang dihadapi didalam diri termasuk mengenai Ikhlas atau tidak ikhlas. Sebuah pilihan yang tentunya ikhlas menjadi pilihan utama. Namun dalam menjalani ikhlas tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang kita merasa sudah ikhlas dalam menjalani sesuatu aktivitas kita, namun hati dan pikiran ternyata tidak ikhlas. Hati dan pikiran yang ikhlas adalah bersih, bening, tidak tercampur suatu apapun, hanya mengharap ridho Allah SWT dengan semua aktivitas yang dilakukan bukan mengharap imbalan dari manusia. Semoga kita selalu menjadi pribadi yang selalu belajar untuk ikhlas. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

    ReplyDelete