Sep 25, 2017

*UJIAN KEIKHLASAN*



Oleh: Marsigit UNY



*Semar*:
Ue lah... dunia terasa hangat memanas, ternyata ada aktor intelektualnya. Togog, huebat kamu, bisa bikin pengaruh macam macam. Cuma sayangnya, yang kamu buat itu, pengaruh buruk.

*Togog*:
Aku memang turun ke bumi dalam keadaan kurang ikhlas, karena di fitnah Manikmaya. Sudah tekdirku aku menjadi sarana menyebarkan ketidak ikhlasanku di dunia ini.

*Semar*:
Ue lah... buruk ya buruk, tetapi jangan ditular tularkan ke orang lain.

*Togog*:
Lho apa kamu lupa tentang hakikat hidup, ajaran kakek Sang Ywang Tunggal? Sebenar benar orang hidup itu adalah ujian. Barang siapa lulus dari godaanku, pertanda dia lulus dalam hidupnya.

*Semar*:
Tetapi, jika orang yang engkau pengaruhi menjadi buruk betul gara gara kamu, apakah engkau tidak menanggung dosa?

*Togog*:
Dosa adalah setiap ketidak ikhlasan. Aku turun ke bumi dalam keadaan tidak ikhlas, itu artinya, aku dalam keadaan dosa.

*Semar*:
Sudah tahu dosa, kok diterus teruskan? Kenapa tidak istighfar mohon ampun kepada yang Kuasa?

*Togog*:
Berbuat salah, buruk, dosa itu lebih enak, lebih murah dan lebih menyenangkan, juga lebih nyata dan lebih praktis.

*Semar*:
O lah ternyata kamu sudah menjadi buruk betul. Padahal dulu kamu dewa kakaku bernama Tejamaya. Itulah ternyata, kamu selalu berpikir buruk, maka kamu akan terkena keburukan juga. Yah dunia itu pilihan. Itu sudah menjadi pilihanmu.

*Togog*:
Lha kamu turun ke bumi menjadi orang miskin, menjadi orang berderajat rendah seperti itu, apa tidak susah?

*Semar*:
O lah ... ternyata keburukanmu telah menutup pikiran dan hatimu. Dulu kamu adalah dewa yang cerdas dan baik hati. Tetapi sekarang sudah tertutup hati dan pikiranmu. Ternyata hidup itu bisa mengalami penurunan kualitas. Maka kamu tergolong orang yang merugi.

*Togog*:
Kalau saya melihat dirimu seperti itu tidak tahan. Sudah miskin, tak merasa kalau miskin.

*Semar*:
E hue... begini aku merasa senang. Walaupun aku juga difitnah oleh Manikmaya, tidak aku rasakan sebagai fitnah, tetapi aku rasakan sebagai ujian. Turun ke bumi bagiku bukan siksaan, tetapi anugerah bisa mengalami berbagai kesempatan hidup. Walaupun miskin asal kaya di dalam hati. Bagiku, di dunia itu tidak ada orang miskin. Orang harus selalu merasa bersyukur apapun keadaannya. Engkau bernapas tidak perlu beli oksigen, minum air sumur melimpah, melihat dan mendengar apa saja bisa. Kamu diberi kesehatan. Bukankah itu semua adalah kekayaan dan anugerah yang diberikan Alloh SWT kepada kita. Kurang rasa syukurmu itulah penyebab engkau merasa miskin.

*Togog*:
Lung, endi ombeku karo obate sisan. Wis krasa nggliyer.

*Semar*:
E lah dalah, dijak bicara, jebul mulai mabuk Togog ini. O hidupmu aluamah dan hedonisme Gog. Naudzubilah mindzalik. Reng, Truk lan Bagong jangan dekat dekat kerbau kotor, nanti bisa ikut kotor. Ayo jauhi Togog. Jangan dekat dekat. Hidup itu ada 2 pilihan: ikhlas atau tidak ikhlas. Pilihan itu akan menjadi awal, proses dan tujuan atau hasil dari hidupmu. Jika awal dari hidupmu tidak ikhlas maka seluruh hidupmu juga akan tidak ikhlas. Sebenar benar tidak ikhlas adalah dosa dan neraka. Itulah anak anakku, maka selalu berdoalah dan memohon ampun kepada Alloh SWT dan memohon bimbingan dalam hidupmu. Semoga kebaikan kebaikanmu menjadi amal amalmu. Aamiin ya robbul alamin.

*END*






















77 comments:

  1. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Ikhlas itu mudah di ucapkan, susah dilaksanakan.
    Ikhlas itu samar-samar bisa terlihat tapi tidak jelas aslinya..
    Ikhlas itu tidak bisa dilihat dari luar dan tidak ada yang tahu, kecuali sang pencipta Allah SWT dan orang itu sendiri..
    Oleh karena itu ujian keikhlasan sebenarnya tidak bisa mencerminkan nilai ikhlas yang sesungguhnya..ikhlas tidak ada validitas dan reabilitasnya, karena ikhlas sebenarnya bukan untuk diuji..

    ReplyDelete
  2. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan Ujian Keikhlasan bahwa Keikhlasan adalah ibadah hati. Ia harus kita mulai usahakan muncul dalam diri kita dengan upaya terus menerus dan kesabaran atasnya. Tentu amat sangat penting ilmu yang benar menopangnya.
    Keikhlasan akan terjadi manakala kita tidak lagi menyadari bahwa kita ikhlas. Ketika kita masih menyadari rasa ikhlas tersebut, sesungguhnya kita belum ikhlas.

    ReplyDelete
  3. Muhammad Fendrik
    18706261001
    S3 Dikdas 2018
    Sebelumnya terima kasih Prof Marsigit untuk ilmunya hari ini. Saya akan mencoba mengomentari artikel ini sesuai dengan pemahaman saya.
    Keikhlasan merupakan memberikan, menerima, melepaskan, memasrahkan, menghalalkan atau menyerahkan sesuatu dengan rasa tulus hati dan bersih hati karena menurut saya yang namanya ikhlas tidak bisa terlihat dari ucapan kata-kata, perbuatan, dan pemikiran seseorang akan tetapi dapat tergambar di dalam kesucian hati seseorang. Perihal percakapan atau diskusi Togog dan Semar tentang dosa itu murah menurut saya kurang tepat karena untuk berbuat dosa juga perlu modal besar seperti ingin berbuat dosa dengan pergi ke tempat-tempat yang dilarang seperti: diskotik, bar dan semacamnya. Oleh karena itu benar yang dikatakan Semar bahwa kalau kita sudah tau itu adalah sebuah perbuatan dosa maka kita harus segera mohon ampun kepada Tuhan yang Maha Mengetahui segala perbuatan yang kita lakukan di dunia ini.

    ReplyDelete
  4. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Saya sepakat bahwa pilihan akan menjadi awal dari semua keputusan sampai dengan hasil akhir hidup kita. Ada pilihan untuk ikhlas dan tidak ikhals, tapi jika kita memilih untuk tidak ikhlas, maka sampai akhir pun akan seperti itu. Hendaknya sebelum kita menentukan pilihan, ada baiknya untuk selalu dipikirkan terlebih dahulu mengenai konsekuensi yang akan diperoleh.

    ReplyDelete
  5. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Selalu menjadi topik yang sensitif tiap kali hanya membaca dari judulnya. Karena memang ikhlas pada jaman sekarang semakin terumbar maksud dan tujuannya. Mengumbar ikhlas untuk menarik perhatian para khalayak untuk bersimpati padanya dan dia memulai gerakan yang akan menyesatkan khalayak dengan pernyataannya. Bila ikhlas tidak terumbar, bukankah lebih nyaman karena orang lain akan bebas berpikiran diri ini ikhlas atau tidak, lbeih tepatnya penasaran dan akan berusaha positif thinking. Jadi sebenarnya, ikhlas yang tidak terucap ini sekaligus menguji persepsi orang lain apakah akan berpikiran positif atau malah negatif dan mencari kesalahan.

    ReplyDelete
  6. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Hidup didunia ini adalah pilihan ikhlas dan tidak ikhlas. Pilihan itu menjadi niat kita untuk mencapai tujuan hidup. Ketidakikhlasan adalah dosa. Maka sebenar-benar hidup adalah ikhlas menerima segala yang telah ditakdirkan oleh Alloh SWT. Ketidakikhlasan adalah godaan setan maka berdoalah memohon ampun atas dosa-dosa yang telah diperbuat dan meminta dilindungi dari segala godaan setan yang terkutuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endah Kusrini
      18709251015
      S2 Pendidikan Matematika A 2018

      Sedikit menambahkan, bahwa ikhlas atau tidak ikhlas memang menjadi pilihan masing-masing. Barangkali hasil yang diperoleh didunia, menurut penilaian manusia, dengan melakukan suatu tindakan secara ikhlas atau tidak ikhlas adalah sama. Akan tetapi hasil dari penilaian Allah tentu saja berbeda. Hendaklah manusia melakukan sesuatu semata-mata karena Allah, bukan karena penilaian manusia semata.
      Terima kasih.

      Delete
  7. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    "Hidup itu ada 2 pilihan: ikhlas atau tidak ikhlas"
    Sebelum bertindak, kita oasti diberikan pilihan. Pilihan merupakan awal dari proses menuju tujuan dari hasil pilihan kita. Jika sejak awal saja tidak ikhlas, maka sia-sia, celakalah kita karena tidak akan mendapatkan apa-apa. Hanya pengaruh negatif saja yang akan di terima. Berbeda halnya jika kita melakukan semuanya dengan ikhlas. Maka, hidup kita akan berfaedah. Sehingga pengaruh positif yang akan bersama kita.

    ReplyDelete
  8. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018

    Beramal baik itu mudah. Mengukur keikhlasan itu yang rumit. Karena diri sendiri pun belum tentu bisa mengukurnya. Apalagi jika kita meyakini bahwa perbuatan baik keikhlasan itu akan terus diuji dari sejak melakukan suatu kebajikan (sodaqoh misalnya) yang yang memberi meninggal. Karena itu, bias saja hari ini dia ikhlas, karena satu dan lain hal akan berubah di hari berikutnya. Masalahnya adalah, ketika instrumen yang membuat orang tidak ikhlas itu hadir, apakah bias diperbaiki di lain waktu, sehingga perbuatan baik itu akan kembali ke derajat ikhlas. Ini pertanyaan yang belum bias saya temukan jawabnya.

    ReplyDelete
  9. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Sebenar-benar hidup adalah ujian. Dalam hidup ini semua orang pasti akan merasakan ujian. Baik itu dalam tingkat yang rendah, sedang, maupun tinggi. Semakin tinggi tingkat keimanan seseorang, maka semakin tinggi ujian yang akan diberikan. Ujian hidup berguna untuk lebih meningkatkan derajat manusia dihadapan Allah. Oleh sebab itu, janganlah mudah menyerah dengan ujian, karena ujian yang datang tidak akan melebihi batas kemampuan kita sehingga kita harus ikhlas dan terus berusaha untuk dapat menghadapinya. Amiin
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endah Kusrini
      18709251015
      S2 Pendidikan Matematika A 2018

      Saya setuju bahwa: “Semakin tinggi tingkat keimanan seseorang, maka semakin tinggi ujian yang akan diberikan.” Selain itu, semakin tinggi tingkat keimanan seseorang, maka syeitan yang mengganggunya juga semakin kuat. Untuk itu manusia memang harus terus menerus meningkatkan kualitas dan kuantitasnya dalam beribadah kepada Allah.

      Delete
  10. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Memang, manusia seringkali kurang bersyukur sehingga merasa dirinya miskin. Senang membanding-bandingkan kehidupan sendiri dengan kehidupan orang lain. Parahnya lagi yang menjadi tolak ukur adalah harta atau kekayaan. Padahal harta sifatnya hanya sementara. Harta sifatnya hanya titipan dari Yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
  11. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Urgensi ikhlas dalam menjalani hidup. Makna ikhlas adalah semata-mata untuk mendapatkan ridho Allah dan ikhlas bukan perkara ucapan dibibir melainkan hablu minallah yaitu hubungan kita langsung dengan Allah Ta’ala atau perkataan hati. Sebesar apapun ujian yang kita dapatkan maka sabar dan ikhlaslah jawabannya. Karena dibalik kesabaran dan keikhlasan ada hikmah dari setiap ujian/cobaan yang kita dapatkan.

    ReplyDelete
  12. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sebaik-baik perubuatan adalah ikhals semata-mata karena Allah. Ikhlas dan tidak ikhlas yang dimaksud dalam tulisan ini adalah perkara kebaikan dan keburukan. Sebagaimana dalam alam semesta ini, selalu ada dua hal yang berpasangan yakni baik dan buruk, kaya dan misikin, dan masih banyak lainnya. Maka dari kedua hal tersebut, kita akan dihadapkan dengan dua pilihan yang dimana kita memiliki kehendak untuk memilih arah hidup dan tujuan masing-masing. Namun, perlu kita ingat bersama bahwa tujuan adalah hanyalah untuk beribadah kepada Allah Ta’ala. Sebagaimana kesuksesan seorang hamba adalah memperoleh jannah Allah Ta’ala.

    ReplyDelete
  13. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Ujian dalam hidup manusia bisa jadi ujian buruk dan ujian baik. Maksudnya, ujian buruk karena diuji dengan beban masalah yang harus diselesaikan, ujian baik karena ujian diberikan kebaikan bertubi-tubi sehingga diharapkan bisa mempertahankan sikap syukur dan tetap rendah diri. Bila berbicara ujian lain yang membutuhkan kombinasi keduanya yaitu baik dan buruk atau bisa disebut dengan keikhlasan. karena ikhlas bisa karena sebab yang buruk dan mengharapkan baik begitu sebaliknya. Maksudnya yaitu mengikhlaskan yang mneurut kita baik padahal menurut orang lain buruk, sehingga bisa jadi orang lain membantu kita untuk membuka mata dan sadar diri.

    ReplyDelete
  14. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Ikhlas menjadi topik yang sering dibahas baik di pembicaraan maupun dalam cerita, dongeng bentuk tulisan. Banyak yang mengatakan bahwa salah satu bentuk ujian yang paling sering sulit untuk dilukan adalah ikhlas, karena memang mudah secara verbal tetapi sebenarnya masih ada konflik di dalam hati yang berlawananan dengan apa yang telah diverbalkan. Oleh karena itu, diperlukan penyesuaian antara hati, pikiran, dan verbal yang memang tidak menunjukkan bahwa ikhlas atau tidak.

    ReplyDelete
  15. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ujian ikhlasan datang pada saat sesorang kehilangan sesuatu yang dimiliki. Ujian keikhlasan bisa datang kapapun dan dimanapun. Ujian datang untuk membuat sesorang lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak.setiap manusia mendapatkan ujian keikhlasan untuk menegtahi seberapa bisa manusia sabar dan menerima ujian tersebut. terimakasih

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B


    Ikhlas adalah sesuatu yang mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan, mungkin kita sangat familiar dengan kalimat tersebut. Memang benar sekali bahwa ikhlas itu hanya bisa dinilai oleh Allah semata, saat seseorang mengatakan dirinya ikhlas namun belum tentu dalam hatinya juga ikhlas sepenuh hati. Jadi sebenar-benar ikhlas hanyalah sesuatu yang benar-benar dilakukan dari hati tanpa mengharapkan sesuatu imbalan dan dilakukan semata-mata demi mendapat Ridha Allah SWT.

    ReplyDelete
  17. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Ujian keikhlasan yang diberikan kepada kita merupakan tanda bahwa Allah SWT sayang kepada kita. Karena kita tahu keikhlasan seorang manusia tidak dapat diukur dan tidak mampu untuk dilihat. Ikhlas memiliki satu tujuan dalam hidupnya yaitu keridhoan Allah SWT terhadap apa yang kita lakukan.

    ReplyDelete
  18. Lumaurridlo
    18701261010
    S3-PEP 2018


    ilmu ikhlas adalah buah dari kesabaran. seseorang dapat berlaku sabar apabila dia dapat melampaui serial kehidupan di tiap momen yang menyakitkan, menyulitkan, dan ketrpurukan dengan sabar dan syukur. pepatah jawa mengatakan orang sabar itu subur
    itulah mungkin sudah menjadi hukum alam bahwa orang sabar itu akan sukses menggapai apapun. setelah manusia itu menguasai ilmu sabar, selanjutnya dia masuk kedalam fase ilmu ikhlas. orang-orang ikhlas memiliki power atau kekuatan yang luar biasa. Mereka lebih hebat daripada gunung, besi, api, air, dan angin. Orang-orang ikhlas menjadikan power Tuhan sebagai kekuatannya. Kebanyakan di antara mereka tidak populer di bumi, tetapi amat populer di langit. bahkan iblispun takkan mampu menggoda hambanya yang ikhlas terhadap tuhannya. namun begitu keikhlasan ujiannya begitu berat. seseorang yang masih

    ReplyDelete
  19. Hanif Cahyo Adi Kistroro
    18701264004
    S3 PEP 2018

    Menjadi Baik itu berat. keihlasan itu bagian dari kebaikan. sesuatu yang menuju baik akan selalu bnayak halangan dan rintangan. menerima ujian dan meyakini akan munculnya hasil kebaikan perlu kesabaran. semakin ada ujian berarti semakin cepat hasil kebaikan akan datang.

    ReplyDelete
  20. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Hidup itu selalu ada 2 pilihan yang dihadapi didalam diri termasuk mengenai Ikhlas atau tidak ikhlas. Sebuah pilihan yang tentunya ikhlas menjadi pilihan utama. Namun dalam menjalani ikhlas tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang kita merasa sudah ikhlas dalam menjalani sesuatu aktivitas kita, namun hati dan pikiran ternyata tidak ikhlas. Hati dan pikiran yang ikhlas adalah bersih, bening, tidak tercampur suatu apapun, hanya mengharap ridho Allah SWT dengan semua aktivitas yang dilakukan bukan mengharap imbalan dari manusia. Semoga kita selalu menjadi pribadi yang selalu belajar untuk ikhlas. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

    ReplyDelete
  21. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Ikhlas-keburukan. Ikhlas butuh pengorbanan, keburukan mengorbankan. Ikhlas dan keburukan sama-sama menular, memberikan pengaruh, mempengaruhi. Kisah Nabi Ibrahim as dan anaknya, Nabi Ismail as dapat menjadi contoh bahwa ikhlas mesti ditopang kesadaran, keyakinan, penyerahan diri, pengorbanan. Mahal dan berat? Tentunya sepadan dengan "kebaikan" diuniawi dan ukhrowi yang didapat. Sementara keburukan, "murah dan mudah", bisa cukup dengan menafikan hal-hal tersebut, ringan. Demikian pandangan saya.

    ReplyDelete
  22. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Tulisan tentang ikhlas ini sarat dengan pelajaran sekaligus sindiran (kritik) tentang hidup. Kata ikhlas mengingatkan saya, setidaknya dengan dua hal, film Kiamat Sudah Dekat dan kisah Nabi Ibrahim as.
    Dalam film KSD, ditunjukkan bahwa ikhlas itu berangkat dari hati terdalam, yang bersih,, keberserahan diri, tanpa keraguan. Pun dalam kisah Nabi Ibrahim as dan anaknya, Nabi Ismail as. Sulit dibayangkan dengan akal sehat. Andai tanpa penyerahan diri secara total, kisah itu mungkin takkan ada. Meski berat, bukan berarti ikhlas tidak mungkin dipelajari, dipraktikkan dalam kehidupan. Seperti kata semar, keburukan togog menular, demikian pula ikhlas. Pelajaran dari kisah- kisah teladan seperti Nabi Ibrahim as dan anaknya, serta opara 'alim sangat banyak dan dapat menjadi contoh, motivasi, gairah untuk menjadi manusia yang ingin lebih baik lagi. Ujian ataupun cobaan apa pun bukan untuk dikeluhkan, apalagi dihindari. Ikhlas bukan berarti berdiam diri melainkan berserah diri sepenuhnya pada Sang Pencipta serta berihtiar semaksimal yang bisa dilakukan. Mudah? Iya kalau hanya dengan kata-kata. Berat? Tapi bukan berarti tidak mungkin. Demikian yang saya pahami dan bisa saya ungkap. Mohon maaf dan terima kasih.

    ReplyDelete
  23. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A 2019

    Ikhlas dan tidak ikhlas adalah dua pilihan yang penuh makna. Manusia tidak luput dari pilihan apa yang dia yakini akan ada ganjaran maupun sanksi, misalnya keikhlasan. Jika ia ikhlas maka hal baik akan senantiasa datang untuknya. Sebaliknya, apabila ia tidak ikhlas maka keburukan yang akan datang menghampirinya. Keikhlasan dalam menjalani kehidupan didunia memang tidak mudah akan ada ujian, rintangan dan hambatan. Namun, jika menjalaninya dengan penuh rasa ikhlas dan ridho maka semua akan terasa lebih mudah.

    ReplyDelete
  24. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Terima kaasih Bapak atas artikel yang sudah Bapak share kapada kami. Salah satu ujian terberat dalam hidup adalah ujian keikhlasan, kata ikhlas memang gampang-gampang sulit terucap. Apabila kita mengatakan ketidak-ikhlasan kita kepada seseorang kita akan takut menyakiti perasaannya, namun jika kita tidak berbicara bisa saja seseorang itu semakin keenakan. oleh karena itu obat dari ujian keikhlasan adalah dengan memperbanyak berdoa kepada Allah SWT agar Allah membalas yang lebih lebih lebih baik kepada kita. Aamiin..

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum, wr.wb
    Ainun Mahfuzah
    19706261011
    S3 Pendidikan Dasar
    Belajar dari kisah Togog dan Semar
    Togog - Difitnah Manikmaya - Tidak Ikhlas - Dosa
    Semar - DIfitnah Manikmaya - Miskin - Derajat Rendah- Ujian
    Semua tergantung bagaimana kita menyikapi apa yang telah Allah SWT takdirkan, Jika qt Ikhlas mengimani qada dan qadar Allah SWT maka hidup akan menjadi tenang dan InsyaAllah selalu dalam rahmat Allah SWT.
    Teriring kata aamiin ya rabbal alamiin atas doa Semar.
    Ikhlas di dalam Al-Quran memiliki 5 makna secara umum, yaitu 1. al - Isththifaa (pilihan), 2. Al-Khuluus min as Syawaaib (suci dari segala macam kotoran), 3. al - Ikhtishaash (kekhususan), 4. at- Tauhid (mengesakan), 5. at - Thahir (pensucian).

    ReplyDelete
  26. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Ada yang terkadang terlupa bahwa hakikatnya hidup kita ini adalah ujian terhadap kita untuk menuju kehidupan yang selanjutnya. Jadi sebagai manusia kita pasti akan menerima ujian, termasuk dalam hal keikhlasan. Keikhlasan yang dimaksud adalah ikhlas dalam menerima seluruh ketetapan yang diberikan Allah kepada masing-masing hambanya, ikhlas tidak ada rasa kecewa kepada Allah, tidak ada buruk sangka kepada Allah dan tidak ada sedikitpun cercaan kepada Allah SWT. Kita diuji tentang keikhlasan bagaimana ketika musibah datang menghampiri kita, bagaimana ketika kita kehilangan seseorang yang kita cintai, bagaimana keikhlasan ketika harapan kita tidak sesuai dengan kenyataan disitu keihlasan kita sedang diuji seberapa besar keihklasan kita terhadap apa yang diberikan oleh Allah SWT. Banyak yang menganggap bahwa ikhlas adalah sebuah hal yang sulit dilakukan. Namun percayalah, segala sesuatu yang sulit akan menjadi mudah jika kita mecoba, belajar, dan berusaha. Dengan hati yang ikhlas kita akan memperoleh ketenangan dan akan lebih mudah untuk menjalani proses kehidupan. Jalani segala sesuatu, baik suka maupun duka dengan keikhlasan maka dengan begitu setiap detik kita bisa menjadi amal akhirat.

    ReplyDelete
  27. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Jadi hidup adalah tentang ikhlas dan tindak ikhlas, dan hal tersebut antara ikhlas dan tidak ikhlas adalah pilihan tiap-tiap individu. Yang dilihat didunia itu sekedar penilaian orang lain. Yang dilakukan didunia dianggap atau dinilai baik, tetapi belum tentu yang kita perbuat didunia itu baik bagi Allah SWT. Maka sebaik-baik hidup adalah berpegang ikhlas lillahi ta’ala kepada ketentuan Allah SWT. Suatu ketidakikhlasan yang muncul dalam diri merupakan godaan untuk melanggar ketentuan Allah SWT, itu adalah godaan yang harus kuat untuk kita lawan dalam hidup sesuai ketentuan Allah hingga didapat nikmat dunia dan akhirat kelak.

    ReplyDelete
  28. Hima Naili Hidayah
    19701251004
    PEP A S2

    Ikhlas adalah menerima dan mensyukuri apa yang telah Allah SWT berikan. Ikhlas memang mudah diucapkan di lisan namun berat di laksanakan, namun ikhlas merupakan salah satu syarat diterimanya suatu amal.

    ReplyDelete
  29. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Manusia diciptakan adalah untuk menjadi makhluk yang bisa mengelola kehidupan yang baik di bumi. Manusia diberi keistimewaan berupa akal. Manusia menjadi makhluk yang diutus untuk memerangi keburukan dan menebarkan kebermanfaatan. Dengan adanya tugas tersebut, manusia diberikan ujian-ujian yang sesuai dengan tingkat keimanannya. Semakin tinggi tingkatnya, maka akan sepadan pula ujian-ujiannya. Sebenar-benarnya iman manusia, hanya Allah Swt yang tahu. Untuk melaksanakan tugas dan melewati ujian-ujian kehidupan tersebut, manusia dituntut untuk sabar, ikhlas, dan syukur. Sabar, ikhlas, dan syukur adalah skill sehingga butuh latihan yang berulang-ulang. Skill itulah yang memberikan rambu-rambu sudah seberapa jauh manusia menjalankan tugasnya sebagai manusia, sebagai makhluk ciptaan Allah Swt sampai pada waktu yang akan tiba kelak, manusia dikategorikan lulus ujian atau tidak.
    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  30. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    S2 PEP A 2019

    Sebener- benernya orang hidup adalah ujian. Sebenar benarnya hidup adalah pilihan. Mampu melewati setiap godaan dunia dan tetap menjadi orang yang menebar kebaikan adalah suatu pilihan setiap individu. Tidak setiap orang berbuat baik karena Alllah semata. Salah satu contohnya adalah karena ingin mendapat pengakuan dari orang lain. Sesunggunya ilmu ikhlas adalah hal yang paling sulit dilakukan dikarenakan godaan dunia yang sangat beragam. Semoga kita mampu melewati godaan yang ada di dunia. Bahkan dijauhkan dari kemunkaran. Amin.

    ReplyDelete
  31. ahmad syajili
    19709251066
    S2 PMD 2019
    Keikhlasan merupakan memberikan, menerima, melepaskan, memasrahkan, menghalalkan atau menyerahkan sesuatu dengan rasa tulus hati dan bersih hati karena menurut saya yang namanya ikhlas tidak bisa terlihat dari ucapan kata-kata, perbuatan, dan pemikiran seseorang akan tetapi dapat tergambar di dalam kesucian hati seseorang. keikhlasan itu sangat sulit untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  32. Hanifah Nabila Hendral
    19701251003
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum
    Ikhlas memang mudah untuk di ucapkan namun sulit dalam prateknya tapi tidaklah mustahil bagi kita agar bisa ikhlas. ikhlas berarti kita melakukan sesuatu tanpa mengharapkan balasan, namun berbeda jika kita mengharapkan balasan berupa pahala dari Allah, ini tidak ikhlas yang diperbolehkan. lakukanlah segala sesuatu karena Allah dan berharaplah balasan dari Allah berupa pahalanya.

    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  33. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Saya setuju dengan perkataan Semar bahwa hidup adalah pilihan. Manusia berhak untuk memilih bersyukur atau tidak bersyukur. Memilih ikhlas atau tidak ikhlas. Semua pilihan memiliki kesulitannya sendiri. Manusia yang dapat membedakan lebih baik yang mana dari pilihan-pilihan tersebut.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  34. Wiwin Mistiani
    PEP S3 2019
    Ikhlas itu dapat di gambarkan seperti sebuah gelas yang penuh air putih. Tak ada sedikitpun yang ada dalam gelas itu selain murni air putih. Tanpa dicampuri apapun. Begitu juga Seorang hamba yang ikhlas, dia tak memiliki tendensi apapun atas yang dia kerjakan apakah akan diberi penghargaan atau tidak. Antara Ikhlas dan tidak ikhlas itu pun sebuah pilihan. Jika seorang hamba ingin memiliki derajat yang tinggi di hadapan sang pencipta maka ikhlas menjadi pilihan.

    ReplyDelete
  35. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pendidikan matematika /D

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.
    Dari dialog ini pemahaman yang saya dapatkan adalah keikhlasan dan kepasrahan kepada Allah SWT saat menghadapai ujian dariNya. Terkadang saat kita mendapat ujian yang berat terlintas keinginan untuk menggunakan cara-cara yang bertentangan dengan tuntunan-Nya, godaan-godaan tersebut tampak nyata dan cepat menyelesaikan masalah. Hanya dengan keikhlasan dan ketakwaan kepada-Nya, dalam menghadapi cobaan tersebut kita bisa terhindar dari godaan semacam itu.

    ReplyDelete
  36. Hidayatul wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Hidup adalah ujian. Ujian atas kenikmatan dan musibah yang diberikan Allah. Banyak godaan dalam setiap ujian tersebut. Pilihannya adalah ikhlas atau tidak ikhlas dalam hidup ini. Ikhlas akan menuntun kita pada rasa bersyukur dan lulus dalam hidup serta menuntun pada ketaqwaan kepada Allah. Sedangkan ketidak ikhlasan akan menuntun pada pikiran yang buruk, menutup pikiran dan hati. Ketidak ikhlasan juga merupakan dosa dan neraka. Pilihan menjadi awal, proses, dan tujuan atau hasil dari hidup. Maka sebagai manusia, harus bijaksana dan belajar untuk memilih hal yang paling baik yaitu ikhlas. Selalu bersyukur, berdoa dan memohon ampun kepada Allah dan memohon bimbingan dalam hidup supaya selalu dalam pilihan yang tepat.

    ReplyDelete
  37. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Dalam tulisan ini dapat diambil banyak pelajaran. Yang pertama adalah bahwa ketika kita melakukan dosa, hendaknya segera mohon ampun dan bertobat. Dalam kaitannya dengan pembelajaran, ketika kita memiliki pemahaman yang salah, hendaknya langsung memperbaiki diri, belajar dan mencari tau kebenarannya.
    Pelajaran kedua adalah tentang rasa syukur yang membuat kita menjadi orang bahagia atau beruntung. Banyaknya nikmat dalam hidup yang sering dilupakan oleh orang lain.
    Pelajaran ketiga adalah tentang pilihan. Pada bagian akhir tulisan, Semar meminta anak-anaknya untuk tidak mendekati togog karena membawa pengaruh buruk. Sama halnya dengan manusia yang harus pandai memilih dengan siapa mereka akan berteman, akan berteman. Karena teman yang buruk tentu akan membawa keburukan bagi diri kita dan kita bisa menjadi buruk juga sehingga sangat penting bagi kita untuk membedakan mana yang dapat diajak berteman dan mana yang tidak.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  38. Ujian keikhlasaan merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana sikap kita terhadap sesama. Allah sudah memberikan segala sesuatu kepada manusia secara gratis-air, langit, bumi beserta segala isinya. Pertanyaan sekarang adalah bisa tidak mengikhlaskan sesuatu yang kita miliki untuk diberikan kepada orang lain? Inilah ujian keikhlsan yang saya bisa petik dari artikelnya Prof.

    ReplyDelete
  39. Assalamu’alaikum wr. Wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    PEP S2 A 2019
    Ikhlas menjadi factor utama dalam keberlangsungan hidup yang lebih baik. Secara teori dan definisi iklas itu mudah sekali untuk memaparkan dan menuliskan tetapi dalam praktek keikhlasan pasti ada ujian keikhlasan. Saat keadaan seperti itu manusia diuji kekuatan iklasnya dengan segala fatamorgana dunia. Tinggal manusianya saja yang memilih mau tetap iklas atau memilih tidak ikhlas. Sebenar-benarnya hidup adalah ikhlas agar mencapai tujuan hakekat Allah namun tetap aktif menjalankan aktivitas.
    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum wr. Wb

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Saya setuju dengan pernyataan Semar yang mengatakan bahwa “Di dunia ini tidak ada orang miskin”. Yaa.. benar kata Semar, di dunia ini tidak ada orang yang miskin ataupun orang yang kaya, hanya ada orang yang bersyukur atau tidak bersyukur. Seseorang yang merasa berkecukupan dan mensyukuri setiap rezeki yang telah diberikan Allah ialah orang yang selalu bersyukur. Sedangkan orang yang setiap harinya mengeluh dan tidak bersyukur ialah orang yang tidak mau bersyukur atas pemberian-Nya. Semakin banyak seseorang memiliki uang akan semakin banyak pula kebutuhan-kebutuhannya yang ingin ia capai. Sedangkan seseorang yang hanya memiliki uang sedikit, akan mengurangi kebutuhannya atau hanya mementingkan apa yang sangat penting untuk dibeli daripada harus membeli yang menurutnya tidak penting.

    ReplyDelete
  42. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Salah satu contoh orang yang tidak tau bersyukur ialah dimana seseorang yang memiliki uang yang banyak ia akan membeli mobil yang ia inginkan. Setelah ia membeli mobil tersebut, seminggu kemudian keluarlah mobil yang lebih canggih lagi dari mobil yang ia beli kemarin. Karena ia merasa banyak uang, maka ia membeli lagi mobil tersebut. Nah hal ini menunjukkan bahwa seseorang tersebut tidak akan merasa puas dengan apa yang ia beli atau ia pakai, dan tindakan tersebut sama saja mubazir, dimana sesuatu itu tidak di sukai oleh Allah SWT. Memang, ia memiliki banyak uang untuk membeli semua itu, namun disini ia lebih mementingkan hasratnya untuk membeli apa yang ia inginkan sehingga uang tadi yang bisa digunakan untuk membeli sesuatu yang lebih penting habis percuma dalam sekejab. Sehingga keperluan-keperluan lain yang lebih penting terabaikan.
    Sementara orang yang hanya memiliki sedikit uang akan lebih memprioritaskan kebutuhan apa yang sangat penting dan memang harus dibeli. Ia akan lebih selektif dalam membeli barang yang memang sangat di perlukan.

    ReplyDelete
  43. Choirul Amri
    (19709251078 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, Keikhlasan adalah suatu muamalah yang mulia. Untuk sebagian orang akan mudah memberi ikhlas atau memasrahkan sementara sebagian yang lain akan susah untuk mengikhlaskan. Sehingga hidup itu ada 2 pilihan: ikhlas atau tidak ikhlas. Pilihan itu akan menjadi awal, proses dan tujuan atau hasil dari hidup. Jika awal dari hidupmu tidak ikhlas maka seluruh hidupmu juga akan tidak ikhlas. Sebenar benar tidak ikhlas adalah dosa dan neraka. Namun atas apa yang berat sekalipun jika ikhlas maka Allah akan memberikan pahala dari ikhlas itu insyaAllah, maka mari Bersama-sama selalu berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT dan memohon bimbingan dalam hidup semoga dapat ikhlas dan mampu melewati ujian keikhlasan atau rasa tidak ikhlas itu sendiri. Semoga kebaikan-kebaikan kita menjadi amal. Aamiin ya robbal alamin.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  44. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih prof atas tulisan ini, Ikhlas adalah rangkaian enam huruf yang sering dan mudah jika kita ucapkan. Namun dalam aplikasinya, ternyata perkara ini tidak mudah untuk kita lakukan. Bahkan mungkin diri kita pun tidak bisa mengukur seberapa besar kadar keikhlasan kita dalam mengerjakan sesuatu. Ikhlas berarti bersih, suci dari segala niat buruk di dalam hati. Oleh sebab itu, kita harus senantiasa menjaga semua niatan dalam hati kita. Jangan-jangan semua yang telah kita lakukan selama ini hanyalah sia-sia belaka akibat ketidakikhlasan kita. memprioritaskan segala sesuatu dengan bersyukur atas pemberian dan kebaikan Tuhan Yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
  45. Anna Isabela Sanam
    19701251001
    S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (2019)

    Setiap mendapatkan pemberian apapun bentuknya kita tentunya bertanya “ikhlas gak?”. Atau contoh lain ketika mendapat tantangan dan satu – satunya jalan adalah melewatinya serta menghadapinya maka kita harus ikhlas. Oleh karena itu, menurut saya ikhlas ada dua macam ikhlas memberi dan ikhlas menerima. Ketika dalam diri seseorang tidak memiliki ikhlas baik dalam memberi ataupun menerima maka hal tersebut adalah dosa. Sebaliknya, jika seseorang mampu ikhlas maka sesungguhnya kita telah menjadi pribadi yang rendah hati karena kita mampu menerima apapun di dunia ini baik itu hal buruk maupun hal yang baik.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  46. Dini Senjaningrum
    19709251067
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Mengutip kalimat pada percakapan di atas “ hidup itu ada 2 pilihan ikhlas atau tidak ikhlas”, disaat kita memilih ikhlas berarti kita melihat hidup kita dengan sudut pandang yang positif. Sebaliknya jika kita memilih tidak ikhlas, hidup yang kita jalani dipandang dengan sudut pandang negatif. Seperti nasehat yang disampaikan Semar untuk Petruk, Gareng, dan Bagong yang mengingatkan menjauhi Togog karena pengaruh buruk Togog dapat membawa mereka ke hal yang buruk pula. Sama halnya dengan keputusan untuk memilih bagaimana kehidupan ini kita jalani. Dengan memilih ikhlas maka kita akan dibawa ke kehidupan yang positif, begitu juga sebaliknya dengan memilih tidak ikhlas maka kita akan dibawa ke kehidupan yang negatif.

    ReplyDelete
  47. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dalam kehidupan, setiap manusia akan dihadapkan pada 2 pilihan: ikhlas atau tidak ikhlas. Pilihan tersebut akan menjadi penentu bagaimana dampaknya terhadap hidup kita. Jika tidak ikhlas menjadi pilihannya maka seluruh hidup kita juga akan tidak ikhlas. Oleh karena itu, agar kita dijauhkan dari sifat tidak ikhlas hendaknya kita senantiasa berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT. Dengan harapan Allah SWT akan selalu menuntun kita dalam kebaikan.

    ReplyDelete
  48. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Penurunan kualitas hidup dapat terjadi kepada siapa saja dan kapan saja. Salah satu tandanya adalah rasa ketidakikhlasan yang muncul ketika kita tidak pernah merasa bersyukur. Perlunya menanam kesadaran bahwa yang kita miliki hanyalah titipan dari Allah SWT. Setiap amal perbuatan yang dilakukan hendaknya dipikirkan terlebih dahulu dampaknya terhadap orang dan semata-mata hanya ingin mendapatkan ridha Allah SWT.

    ReplyDelete
  49. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Dalam tulisan ini poin yang membuat saya tertarik adalah kata “hidup itu adalah ujian”. Seringkali dalam hidup kita menghadapi ujian bahkan ujian yang sangat berat sekalipun. Saya pribadi memiliki pengalaman ujian hidup yang sangat berat. Namun dalam hati saya memiliki keyakinan besar bahwa setiap ujian yang diberikan Tuhan kepada kita tidak akan melebihi batas kemampuan umatNya. Maka jika dalam hidup ini sering mendapat ujian maka sudah sepatutnya kita bersyukur bahwa kita masih diberi kesempatan lagi dan lagi untuk benar – benar lulus dalam hidup ini.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  50. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Seperti yang dikatakan Semar walau difitnah oleh Manikmaya, Ia tidak merasakannya sebagai fitnah melainkan ujian. Dari tulisan ini semoga kita sadar bahwa dimata manusia mungkin kita dibeda – bedakan kaya dan misikin, pintar dan bodoh dan masih banyak lainnya. Namun yang perlu kita ingat bahwa dima sang pencipta kita tetap sama tidak berbeda. Oleh karena itu, boleh miskin harta tapi jangan miskin hati. Boleh dikatakan bodoh tapi selalu bertanggung jawab. Semoga tulisan ini dapat menjadi perenungan untuk menjadikan saya pribadi yang lebih baik.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  51. Imroatus Syarifah
    19709251057
    Pend. Matematika D

    Teori tentang Ikhlas mungkin sangat mudah untuk diucapkan oleh sebagian besar penghuni bumi ini. Namun pada kenyataannya, kata ikhlas itu sendiri menjadi hal yang paling sulit dipraktikkan. Mengapa demikian? Karena ikhlas adalah bagaimana cara kita selalu bersyukur atas nikmat yang Tuhan berikan dan selalu memohon ampun atas segala kesalahan yang telah dijalani di dunia ini. Seperti yang Prof. Marsigit sampaikan, Tuhan itu Maha membolak-balikkan keadaan. Seseorang yang di kehidupan sebelumnya menjadi seorang yang sangat mulia dengan akhlak baiknya, akan menjadi sangat buruk ketika dia tidak mampu menanamkan rasa ikhlas di hidupnya. Ketidakikhlasan menyebabkan penurunan kualitas hidup, yang justru akan membawanya ke neraka. Naudzubillahimindzalik. Mari banyak beristighfar, semoga kita semua selalu berada dalam ketetapan iman di hati kita. Aamiin.

    ReplyDelete
  52. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Bismillah, berbicara mengenai iklhas saya teringat akan filosofi gula dan kopi
    Filosofi Ikhlas Gula dan Kopi

    Bila gula dicampur kopi dan dimasak dengan air namanya “Kopi Manis”, bukan Kopi Gula. Disitu nama gula tidak disebut.
    Bila gula dicampur teh dan dimasak dengan air namanya “Teh Manis”, bukan Teh Gula. Disitu nama gula juga tidak disebut.Tetapi jika rasa kopinya pahit, siapa yang disalahkan? Tentu gula-lah yang disalahkan, karena terlalu sedikit hingga rasanya menjadi pahit. Dan jika rasa kopi terlalu manis, siapa yang disalahkan? Tentu gula lagi yang disalahkan, karena terlalu banyak hingga rasanya menjadi kemanisan. Namun jika takaran kopi & gula imbang, siapa yang dipuji...? Tentu semua akan berkata... “Kopinya mantaaap.” Gula tidak mendapat pujian.
    Begitulah fenomena kehidupan. Kadang kebaikan tak pernah disebut orang, tapi kesalahan akan dibesar-besarkan. kendati begitu tetaplah seperti gula, ia tetap memberi rasa manis meskipun namanya tak pernah disebut dan tak pernah mendapat pujian. Meski namanya tak pernah disebut dalam kopi manis atau teh manis namun semua orang tau bahwa peranan gula sangatlah signifikan. Begitulah hakekat ikhlas, perbuatan yang tak butuh pujian. Maka tetaplah semangat menebar kebaikan. Karena kebaikan tidak untuk disebut, tapi untuk dirasakaan.

    ReplyDelete
  53. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Pelajaran berharga yang bisa saya ambil dari paparan diatas yaitu ikhlas dan bersyukur. Segala sesuatu yang dilakukan secara ikhlas akhirilah dengan rasa bersyukur. Bersyukur sudah bisa membantu orang lain dengan ikhlas, bersyukur sudah membuat tugas dengan ikhlas dan sebagainya. Bila melakukan hal secara tidak ikhlas pasti tidak mudah untuk bersyukur. Padahal saat kita tidak ikhlas melakukan sesuatu, kita masih bisa bernapas secara bebas didunia ini harusnya tetap bersyukur. Teringat juga ada pepatah mengatakan lain dimulut lain dihati. Kata kata kita manis tapi dalam hati benci atau tidak ikhlas. Semoga kita tidak seperti itu atau paling tidak belajar melakukan hal hal mulai dari kecil hingga besar dengan ikhlas. Terima kasih.

    ReplyDelete
  54. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Tuhan Yang Maha Esa menciptakan manusia tidak lain adalah agar beribadah kepadaNya. Mengimani, tunduk dan patuh terhadap perintahNya adalah bentuk ibadah. Menjauhi segala apa yang menjadi laranganNya adalah bentuk ibadah. Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa menciptakan banyak manusia, untuk melihat siapa-siapa yang layak menjadi sebenar-benar hambaNya maka harus ada ujian di dalam kehidupan di dunia sebelum kehidupan yang kekal. Maka, sebenar-benar manusia hidup adalah ujian. Dosa adalah bentuk ketidakikhlasan dari adanya hidup. Kontradiktif dari pahala adalah bentuk keikhlasan dari adanya ujian.

    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  55. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C

    Ada fakta hedonism yang saya garis bawahi di sini. Saya pernah mendengar sebuah nasihat, semakin tinggi penghasilan kita bukann berarti semakin naik gaya hidup kita, melainkan yang harus ditingkatkan adalah level sedekah kita. Hidup adalah pilihan, ujian keikhlasan adalah bagian dari hidup kita. Memilih untuk ikhlas dan tidak ikhlas, memilih membelanjakan di jalan mana uang kita sebenarnya adalah hak kita. Namun sebagai manusia yang memiliki kepercayaan terhadap kehidupan yang abadi adalah kehidupan setelah kematian, maka ikhlas membelanjakan harta kita untuk kepentingan akhirat menurut saya adalah pilihan yang tepat.

    ReplyDelete
  56. Hermawan Wahyu S
    Dikdas S3
    19706261012
    Asalamualaikum Wr Wb
    Menjadi baik itu berat, keikhlasan itu bagian dari kebaikan oleh karena itu, sesuatu yang mengarah menuju baik akan selalu banyak halangan, tetapi disuatu sisi kita harus sabar dalam menghadapi rintangan demi mencapai kebaikan yang perlu dilakukan adalah selalu percaya dan melakukan dengan tulus.

    ReplyDelete
  57. Heriansyah
    19701261017
    PEP S3 2019

    SETIAP DOSA adalah KETIDAKIKHlASHAN...Ikhlas secara bahasa (Arab) adalah bersih,habis,murni,autentik. Ikhlas adalah buah dan intisari dari iman. Seorang tidak dianggap beragama dengan benar jika tidak ikhlas. Kanjeng Nabi saw. bersabda, “Ikhlaslah dalam beragama; cukup bagimu amal yang sedikit.”
    Hati adalah pangkal kebaikan dan keburukan. Hati yang ikhlas akan mendorong kebaikan dan kemanfaatan.

    ReplyDelete
  58. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Secara bahasa, ikhlas bermakna bersih dari kotoran dan menjadikan sesuatu bersih tidak kotor. Seseorang yang ikhlas ibarat orang yang sedang membersihkan beras (nampi beras) dari kerikil-kerikil dan batu-batu kecil di sekitar beras. Maka, beras yang dimasak menjadi nikmat dimakan. Tetapi jika beras itu masih kotor, ketika nasi dikunyah akan tergigit kerikil dan batu kecil. Demikianlah keikhlasan, menyebabkan beramal menjadi nikmat, tidak membuat lelah, dan segala pengorbanan tidak terasa berat. Sebaliknya, ketika ujian keikhlasan datang, amal yang dilakukan dengan riya akan menyebabkan amal tidak nikmat. Pelakunya akan mudah menyerah dan selalu kecewa.

    ReplyDelete
  59. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    Pendidikan Matematika S2 D

    Terima kasih Prof, setelah membaca dialog-dialog di atas saya sadar bahwasannya hidup itu adalah ujian, jika tidak mau ujian jangan hidup...jika mau mati maka hiduplah dulu, karna yang yang mati pasti hidup dulu. berbicara tentang ujian keikhlasan erat kaitannya dengan bersyukur, apapun keadaan kita di dunia ini, jika kita bersyukur insyallah kita lulus ujian keikhlasan ini, sebaliknya...jika tidak maka kita akan terus diuji oleh hal yang sama.

    ReplyDelete
  60. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    Pendidikan Matematika S2 D

    Dalam hidup tentu semua orang merasakan yang namanya ujian, cobaan bahkan getar getirnya kehidupan namun jika kita mampu menghadapi dengan penuh dengan keikhlasan walau mungkin tidak semua orang bisa melakukannya namun kita harus percaya bahwa Allah tak akan membiarkan setiap hambanya menderita dan Allah memberikan ujian dan cobaan tidak diluar batas kemampuan jika kita sabar, ikhlas dalam menghadapi semuanya maka kebahagiaan dan kenikmatan tiada tara akan Allah berikan. Insyaallah.

    ReplyDelete
  61. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Dalam hidup setiap manusia tidak luput dari ujian. Namun setiap manusia memiliki cara yang berbeda-beda dalam menanggapi ujian tersebut, seperti halnya semar dan togog. Tuhan memberikan kita sebuah ujian karna kita dianggap mampu untuk melewatinya. Apabila kita ikhlas dalam menghadapi ujian, maka hidup kita akan tenang dan akan membentuk pribadi yang lebih dewasa

    ReplyDelete
  62. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Percakapan diatas mewakili dua pandangan tenatng bagaimana kita memandang hidup. Jika kita memandang kekayaan sebaga materi semata, maka kita tidak akan pernah merasa cukup. Namun jika kita memandang kekayaan sebagai kesehatan jasmani dan rohani yang tercukupi, kelengkapan anggota tubuh dan bagaimana kita mampu menikmati segala hal yang diciptakan Tuhan di dunia ini, maka sesungguhnya kita sudah kaya. Sayangnya masih banyak orang yang melihat kekayaan sebagai materi. mereka bahkan menjadikannya sebagai tujuan hidupnya. Tentu saja tak apa jika ia mencapai tujuan tersebut dengan cara yang baik namun akan bahaya bila ia tergoda akan rayuan setan dan menggunakan cara yang buruk. Jadi, mari kita lebih bersyukur atas apa yang telah kita miliki.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  63. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb

    Secara bahasa, ikhlas mempunyai pengertian bersih hati, tulus, dan rela. Orang yang bekerja dengan ikhlas adalah orang yang bekerja secara tulus, sukarela, atau tanpa pamrih untuk mendapatkan imbalan apapun.Keikhlasan adalah suatu yang besar, namun semua manusia harus berusaha untuk ikhlas, walaupun tidak akan ada manusia yang memiliki keikhlasan yang sempurna.Berbuat ikhlas memang sulit, namun ketika kita ikhlas dalam melakukan apapun, termasuk dalam belajar filsafat ini, maka apa ilmu yang kita dapat pun akan semakin membawa berkah bagi kita.

    ReplyDelete
  64. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019

    Bismillah, setiap orang yang beriman amat lekat kehidupannya dengan ujian. Ujian merupakan rezeki bagi orang-orang yang beriman yang ikhlas menjalaninya karena Allah akan menaikkan derajat dengan menambah pahalanya, melatih kesabaran, menambah kualitas dan kuantitas ibadah, serta dapat selalu berusaha khusnudzon pada Allah. Namun bagi orang-orang yang tidak menjalankan perintah-perintah Allah, sholat tidak pernah, dzikir jarang, dll. Ketika mereka ditimpa musibah dan kemudian mengatakan “ini ujian” sebenarnya itu bukan ujian. Bias jadi itu suatu teguran. Bagaimana Allah menguji orang-orang yang tidak pernah belajar? Ujian keikhlasan adalah ketika kita ikhlas menjalani ujian yang diberikan oleh Allah Swt.

    ReplyDelete
  65. Dea Armelia
    19709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Ikhlas adalah salah satu hal yang penting. Jika dikaitkan dengan spiritualitas, ikhlas merupakan syarat mutlak diterimanya suatu ibadah atau amalan shaleh. Ibadah atau amal shaleh yang dilakukan tanpa disertai keikhlasan tidak akan bernilai pahala di sisi Allah SWT atau bisa dibilang sia-sia. Ikhlas dalam ibadah merupakan mengikhlaskan pikiran dan hati kepada tuhan yang maha Esa dengan cara pasrah dan berusaha dengan iklas bukan karena paksaan orang lain.

    ReplyDelete
  66. Achmad Rante Suparman
    19701261010
    PEP S3 2019


    Assalamualaikum Wr Wb.
    Sebenar-benar ikhlas adalah perbuatan bukan melalui lisan.
    Dalam prespektif agama Islam, ikhlas berarti niat perbuatan amal saleh secara tulus tanpa pamrih manusia, melainkan hanya mengharapkan ridho Allah SWT semata.
    Ikhlas artinya pilihan, suci dari segala macam kotoran, kekhususan, mengesakan dan pensucian

    ReplyDelete
  67. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Ujian adalah cara Allah SWT menaikkan derajat seseorang. Orang yang telah berhasil melewati ujian yang diberikan, berarti orang tersebut telah mengalami peningkatan ke tingkatan derajat yang lebih tinggi. Namun, keburukan dalam hati dan pikiran dapat menyebabkan menurunnya kualitas keimanan seseorang. Dengan keikhlasan dan senantiasa selalu bersyukur terhadap apa yang kita punya dan anugerah dari Allah, insyaAllah kita akan menjadi seseorang yang selalu merasa cukup.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  68. Tri Effiyanti
    19701261007
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 2019

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Hidup terdiri dari 2 pilihan, yaitu ikhlas atau tidak ikhlas. Jika kita menjalani kahidupan dengan tidak ikhlas, sungguh merugilah kita. Karena telah mengeluarkan usaha dan energi menjalaninya, namun yang kita dapatkan adalah dosa. Karena sebenar-benar tidak ikhlas itu adalah dosa. Maka sebelum memulai sesusatu, niatkan dengan sungguh-sungguh untuk selalu ikhlas menjalaninya. Memohon ridho disetiap tindakannya. Agar berkah setiap amalan yang kita lakukan.

    ReplyDelete
  69. Hidayatul wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Dalam kehidupan manusia diuji atas dua hal. Ujian dengan kenikmatan dan ujian dengan musibah. Kenikmatan dapat menjadikan manusia kufur nikmat, sombong, angkuh, meninggalkan ibadah, dan masih banyak lagi. Musibah juga dapat menjadikan manusia putus asa, menyerah, sekain menjauh dalam beribadah, dan masih banyak lagi. Ujian kenikmatan dan musibah untuk mengukur sejauh mana manusia bersyukur atas apa yang diberikan dan untuk mengukur iman dan takwa. Hidup itu adalah tentang ikhlas dan tidak ikhlas. Ikhlas dengan ujian tersebut dengan bersyukur dan terus menambah dan memperbaiki ibdah kita. Tidak ikhlas dengan selalu suudzon kepada Allah dan tidak melaksanakan ibadah.

    ReplyDelete
  70. Duden Saepuzaman
    NIM. 19701261008
    S3 PEP 2019

    Dalam tatanan praktis, setelah membaca tulisan ini,menyadarkan saya untuk senantiasa bersyukur atas semua anugerah yang diberikan Alloh SWT..
    Terim kasih prof...

    ReplyDelete
  71. Poin utama yang diamanatkan adalah bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan. Nikmat dalam bentuk sekecil apapun, bahkan kadang disepelekan, dan tidak dianggap ada, itu tetaplah nikmat yang perlu disyukuri. Bersyukur dalam hati, ucapan, dan tindakan. Banyak hal yang patutnya disyukuri oleh setiap manusia yang hidup seperti contoh yang telah disebutkan (bisa menghirup oksigen bebas tanpa harus membeli). Selanjutnya, ikhlas juga demikian. Setiap langkah perlu diawali dengan keikhlasan (ikhlas dalam hati, ucapan, dan tindakan). Demikian semoga hidup menjadi lebih barokah. Aamiin..

    Ikhsanudin (PEP-S3/19701261001)

    ReplyDelete
  72. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Hidup itu selalu ada 2 pilihan yang dihadapi didalam diri termasuk mengenai Ikhlas atau tidak ikhlas. Sebuah pilihan yang tentunya ikhlas menjadi pilihan utama. Sebaik-baik perubuatan adalah ikhals semata-mata karena Allah. Ikhlas dan tidak ikhlas yang dimaksud dalam blog adalah perkara kebaikan dan keburukan. Maka dari kedua hal tersebut, kita akan dihadapkan dengan dua pilihan yang dimana kita memiliki kehendak untuk memilih arah hidup dan tujuan masing-masing

    ReplyDelete
  73. Muh. Asriadi AM
    19701251008
    S2 PEP A 2019
    Pada tulisan ini saya memahami bahwa Keikhlasan merupakan memberikan, menerima, melepaskan, memasrahkan, menghalalkan atau menyerahkan sesuatu dengan rasa tulus hati dan bersih hati karena menurut saya yang namanya ikhlas tidak bisa terlihat dari ucapan kata-kata, perbuatan, dan pemikiran seseorang akan tetapi dapat tergambar di dalam kesucian hati seseorang. Mengukur keikhlasan itu yang rumit. Karena diri sendiri pun belum tentu bisa mengukurnya. Apalagi jika kita meyakini bahwa perbuatan baik keikhlasan itu akan terus diuji dari sejak melakukan suatu kebajikan (sodaqoh misalnya) yang yang memberi meninggal. Karena itu, bias saja hari ini dia ikhlas, karena satu dan lain hal akan berubah di hari berikutnya. Sebaik-baik perubuatan adalah ikhals semata-mata karena Allah. Ikhlas dan tidak ikhlas yang dimaksud dalam tulisan ini adalah perkara kebaikan dan keburukan. Sebagaimana dalam alam semesta ini, selalu ada dua hal yang berpasangan yakni baik dan buruk, kaya dan misikin, dan masih banyak lainnya

    ReplyDelete
  74. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dari percakapan di atas, saya belajar bahwa dalam menjalani hidup itu ada dua pilihan yaitu ikhlas dan tidak ikhlas. Ikhlas dan tidak ikhlas inilah dapat menjadi awal, proses dan tujuan serta hasil dari menjalani kehidupan. Jika sejak awal tidak ikhlas maka selama proses berlangsung pun tidak ikhlas pula. Oleh karena itu, mulailah untuk selalu ikhlas dalam mengawali suatu hal dan senantiasa berdoa mendekatkan diri kepada-Nya agar kita selalu dibimbing dalam menjalani hidup ini.

    ReplyDelete
  75. Imroatus Syarifah
    19709251057
    Pend. Matematika D

    Hidup itu pilihan. Memilih untuk menjadi baik atau menjadi buruk. Hidup itu berputar, terkadang berada di atas dan kadangkala berada di titik terbawah. Semua itu akan memiliki dampak baik ketika kita menerima dengan ikhlas dan selalu berpikir positif. Masih banyak manusia yang masih merasa kekurangan ketika hidupnya bergelimang harta, namun dia tak pernah bersyukur sehingga memilki hati yang miskin. Sedangkan ada juga yang serba kekurangan dalam hal materi namun dia selalu bersyukur sehingga tidak ada beban di hatinya. Semua itu tergantung pilihan hidup yang diambil. Ketika dikhianati, maka pilihannya adalah balas dendam atau ikhlaskan. Sesungguhnya Allah Maha Segalanya dan Allah tidak akan membiarkan hambaNya terlunta-lunta.

    ReplyDelete