Sep 25, 2017

*ANTI-FOUNDATIONALISME*


Oleh: Marsigit, UNY


*Limbuk*: Kamu pernah mengatakan ada _anti-foundationalisme_ . Apa artinya?

*Cangik*: _Anti-foundationalisme_, ìtu : _tidak berlandasan, sulit dicari landasannya, tidak terlihat landasannya, tidak disadari landasànnya, tidak diakui landasannya, dst._

*Limbuk*: Lho apa ada? Apa contohnya?

*Cangik*: Contohnya banyak. _Anti-foundationalisme kenyataan_ adalah tidak menggunakan hukum sebab-akibat. _Anti-foundationalisme hukum hukum_ adalah menggunakan hukum kebiasaan. _Anti-foundationalisme matematika_ adalah tidak menggunakan definisi. _Anti-foundalisme pikiran_ adalah berpikir tanpa awalan. _Anti-foundationalisme spirirual_ adalah mempercayai Tuhan tanpa perlu memberi alasan. _Anti-foundalisme doa_ adalah terus berdoa di dalam hatimu.

*Limbuk*: Tidak percaya hukum sebab-akibat? Apa ada akibat tanpa sebab?

*Cangik*: Banyak. _Akibat tanpa sebab_, jika kamu tidak dapat menjelaskan sebabnya, tetapi dapat merasakan akibatnya. Jadi _akibat tanpa sebab_ itu ranah atau domain manusia. Banyak _akibat_ di mana manusia tidak mengetahuinya _sebabnya_, melainkan semata Kuasa Tuhan. Sebenar benar godaan manusia adalah jika tidak mampu mengetahui _sebab_, tidak pula percaya Kuasa Tuhan.

*Limbuk*: _Anti-foundationalisme Matematika itu apa saja?

*Cangik*: _Anti-foundationalisme Matematika_ itu macam-macam: _Intuitionisme, Pragmatisme, Strukturalisme, Realisme, Realistics Mathematics, Matematika Sekolah, Primary Mathematics, Fallibistic Mathematics, Hermeneutical Mathematics, Horizontal Mathematics, Concret Mathematic, Socio-cultural Based Mathematics, Beyond-mind Mathematics, Heterogonomous Mathematics, Progressive Mathematics, Interactive Mathematics, Hands-on Mathematics, Inductive Mathematics, Younger Mathematics, Aristotelian Mathematics, dst._

*Limbuk*: _Intuitionisme_ ?

*Cangik*: _Intuisi_ itu _mengerti tanpa sebab_. Oleh karena itu, intuisi itu tidak perlu dan tidak dapat didefinisikan.

*Limbuk*: Aku pernah mendengar _intuisi dua satu_ ? Apa artinya?

*Cangik*: _Intuisi dua satu_ itu adalah _setengah ingat setengah sadar_. _Intuisi dua satu_ disebut juga _intuisi two ones_.

*Limbuk*: Lho? Contohnya?

*Cangik*: Kamu melihat ke depan, maka kamu bisa melihat sedikit yang di kiri dan yang di kanan. Itu karena kamu mempunyai _intuisi dua satu_. Kamu tengok ke belakang, maka kamu masih ingat sebagian kecil yang di muka. Itu karena kamu mempunyai _intuisi dua satu_.

*Limbuk*: Manfaat _intuisi dua satu_.

*Cangik*: Jika kamu tidak mempunyai _intuisi dua satu_ maka kualitas hidupmu lebih rendah dari _robot_.

*Limbuk*: Lho kok?

*Cangik*: Kamu dapat membaca buku, karena _kamu masih ingat halaman yang sudah kau baca, sementara kamu menyadari halaman yang sedang kamu baca_. Itulah peran _intuisi dua satu_ sehingga engkau bisa membaca. Hampir semua kegiatanmu itu karena jasa _intuisi dua satu_ : _membaca, berjalan, menulis, bekerja, berbicara, berdoa, dst_. Itulah _intuisi two oneness_ juga termasuk _anti-foundationalisme_.

*Limbuk*: Kok _anti-foundationalisme matematika_ ada banyak sekali ?

*Cangik*: Dari sebab sebenar-benar _foundationalisme mathematics_ adalah: _Axiomatic Mathematics, Deductive Mathematics, Formal Mathematics, Abstract Mathematics, Adult Mathematics, Rigorous Mathematics, University Mathematics, dan atau Pure Mathematics_.

*END*

45 comments:

  1. Restu Widhi Laksana
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251022
    Bismillahirrokhmanirrokhim
    Yang saya fahami dari artikel ini adalah, semua hal mempunyai thesis dan anti-thesis. Dimana keduanya bersifat saling berlawanan. Saya menemukan istilah baru yaitu intuisi dua satu. Dimana menurut artikel ini intuisi tersebut memungkinkan kita melakukan hampir semua hal yang biasa kita lakukan. Karena inti dari intuisi dua satu ini adalah melakukan sesuatu dengan sadar dalam waktu yang bersamaan masih mengingat sesuatu yang telah berlalu. Hal ini memungkinkan kita melakukan kegiatan secara simultan dan terus bergerak dalam lingkaran antara ingatan dan kesadaran melakukan sesuatu yang ditarik garis linear membentuk lintasan spiral (progresif).

    ReplyDelete
  2. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Manfaat intuisi dua satu dalam kehidupan menarik perhatian saya. Ketikaa kita tidak memiliki intuisi dua satu, maka kita aan sulit memahami apapun. Seperti dicontohkan di atas adalah ketika membaca buku. Kita akan memahami keseluruhan buku jjika kita masih mengingat halaman sebelumnya. Begitu juga ketika kita melakukan hal lain.

    ReplyDelete
  3. Muhammad Nurfauzan
    14301241015
    S1 Pendidikan Matematika

    Fundamental adalah sesuatu yang mendasar. Jika dilihat dari kata, makan Anti-Foundamentalism merupakan paham yang meletakkan pembenaran pada ketiadaan landasan. Seperti contoh tersebut yaitu Anti-Foundamentalisme matematika yang secara langsung tidak menggunakan definisi sebagai landasan, namun tujuannya yaitu menyampaikan konsep ke objek yg akan menerima tersampaikan. Definisi-definisi tidak secara terlihat menjadi landasan pada anti-foundamentalism matematika tersebut.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  4. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018

    Segala sesuatu sebenarnya memiliki fondasi. Jika saat ini belum ada hanya disebabkan bahwa fondasi belum ditemukan, belum dirumuskan, atau masih acak. karena itu, istilah anti foundalisme sangat tergantung pada ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  5. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Anti foundalisme sering kita artikan kepada suatu kata yang bertolak belakang atau negatif. Ternyata dari anti foundaliseme memunculkan sebuah intuisi dua satu. Tanpa kita sadari selama ini kita sudah menerapkan apa yang dinamakan intuisi dua satu. Intuisi dua satu memberikan kita sebuah ingatan yang tanpa kita sadari tentang apa yang sudah kita lakukan. Jika kita menerapkan intuisi dua satu dalam kehidupan kita melalui pengalaman-pengalaman sebelumnya, maka kualitas hidup yang kita punya akan lebih baik, karena tanpa kita sadari bahwa kita sedang memillih hal-hal yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  6. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Anti Foundationalisme bisa berarti tidak berlandaskan. Jika tidak ada landasannya maka tidak akan baik hidupnya. Jika tidak diketahui bagaimana hukumnya maka bisa semena-mena hidupnya. Anti foundationalisme dalam matematika bisa berarti realistics mathematics, matematika sekolah, inductive mathematics, progressive mathematics, dan lain sebagainya. Dalam matematika pun perlu adanya landasan, karena jika tidak adanya landasan maka tidak akan sesuai dengan kaidah yang diinginkan. jika ingin mengajarkan dengan baik dan sesuai maka perlu adanya landasan berupa RPP agar pembelajarannya lebih terarah dan sesuai dengan tujuannya. Maka peru adanya landasan agar dapat lebih baik dalam menjalani hidup ini.
    Wassalamualaikum wr .wb.

    ReplyDelete
  7. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Assalamualaikum wr.wb.
    mendengar kata Foundalisme tentunya kita berfikir itu Negatif akan tetapi setelah kita melihat penjelasan berbagai kata foundalisme dalam ilmu matematika tentunya kita memahami bahkan kita pernah menerapkan dalam pembelajaran.
    Wassalamualaikum wr .wb.

    ReplyDelete
  8. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Anti foundationalisme merupakan bentuk ketidakpercayaan terhadap sesuatu atau tidak memiliki landasan. Seyogyanya kita hidup harus memiliki landasan yang jelas agar kita mampu menjalani kehidupan ini dengan sebaik-baiknya. Namun, ketika tidak ada landasan di dalamnya maka kita tidak mempunyai arah atau bisanya hanya mengikuti arus kehidupan tanpa mempertimbangkan akibat kedepannya. Janganlah menjadi orang yang anti foundationalisme melainkan berfoundationalisme.

    ReplyDelete
  9. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb.
    Kegiatan yang kita lakukan harus selalu memiliki landasan. Landasan yang kita punya harus memiliki alasan-alasan yang menjadi dasarnya. Dengan dasar yang kita punya akan menjadi arahan kita untuk melakukan kegiatan yang dilakukan maupun yang akan dilakukan kedepannya.

    ReplyDelete
  10. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Foundationalisme adalah pondasi dasar dalam berpikir. Anti foundationalisme suatu sikap yang berbeda dengan dasar-dasar pemikiran baik dalam kehidupan sosial maupun bernegara. Orang-orang berpikir anti foundationalisme inginnya melakukan sesuatu dengan berbeda misalnya dengan syarat. Atau juga hal-hal yang sangat bertolak belakang dengan pemikiran seseorang tetapi dengan tujuan sama atau berbeda dari dasarnya. Anti foundationalisme bukan sesuatu yang ekstrim. Dengan cara berbeda meski anti foundationalisme tetapi cara tepat sasaran untuk mencapai tujuan merupakan sesuatu yang baik. terimakasih

    ReplyDelete
  11. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Anti foundationalisme merupakan kebalikan dari paham foundationalisme. Anti foundationalisme berarti segala sesuatu yang dilakukan tidak memiliki landasan atau fondasi yang menopang sesuatu tersebut. Dalam hidup kita harus memiliki landasan agar kita memiliki alasan dalam mencapai suatu tujuan kehidupan.

    ReplyDelete
  12. Lumaurridlo
    18701261010
    S3-PEP 2018


    bahwa selalu ada sebab untuk adanya akibat, lantas mengapa ada ANTI-FOUNDATIONALISME? hal ini ada mungkin karena sebab yang sangat sulit dijelaskan atau sulit untuk dijangakau akal atau logika manusia saat ini. satu-satunya yang ada tanpa ada sebab adalah tuhan. Dia ada dengan Sendirinya tak bermula dan takkan pernah berakhir. justru kebaradaannya menjadi sebab dari sebab. apabila manusia sedang mengalami Anti-foundationalisme, maka kembalika semuanya kepada Tuhan itulah Anti-foundationalisme sejati, Anti-foundationalisme spiritual_ adalah mempercayai Tuhan tanpa perlu memberi alasan.

    ReplyDelete
  13. Hanif cahyo adi kistoro
    S3 PEP/ 18701264004

    Fondasi itu untuk menguatkan. kalau ada yang anti foundations artinya ingin melemahkan. sementara sesuatu yang lemah cenderung hancur. fondasi dalam apapun akan selalau dibutuhkan dan penting

    ReplyDelete
  14. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Anti-foundalisme menjadikan suatu hal yang nyata menjadi berkurang tingkat realitasnya, sebab ada yang tidak seimbang antara sebab dan akibatnya. Sedangkan sebab dan akibat seharusnya bisa dijelaskan apa maknanya secara real. Namun sebagai manusia, makhluk ciptaanNya anti-foundalisme sebagai bentuk kekuatan lain seperti intuisi dua satu. Landasan ada, hanya saja terkadang sulit dijelaskan secara nyata.
    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  15. ahmad syajili
    19709251066
    S2 PMD 2019
    Fundamental adalah sesuatu yang mendasar. Jika dilihat dari kata, makan Anti-Foundamentalism merupakan paham yang meletakkan pembenaran pada ketiadaan landasan. Seperti contoh tersebut yaitu Anti-Foundamentalisme matematika yang secara langsung tidak menggunakan definisi sebagai landasan, namun tujuannya yaitu menyampaikan konsep ke objek yg akan menerima tersampaikan. Definisi-definisi tidak secara terlihat menjadi landasan pada anti-foundamentalism matematika tersebut.

    ReplyDelete
  16. Hima Naili Hidayah
    19701251004
    PEP A S2 2019

    Anti foundalisme yang berarti tidak berlandaskan. Sebagai mahluk yang unik manusia di bekali dengan akal dan hati. Hal itu yang membedakan manusia dengan 🤖 (robot). Manusia memiliki hati yg dengan itu bisa merasa. Banyak hal yang sulit dijelaskan tentang hati, salah satunya adalah cinta. Seperti cinta seorang hamba dengan Tuhannya.

    ReplyDelete
  17. Heriansyah
    19701261017
    PEP S3 2019

    Anti foundationalisme adalah lawan dari foundationalisme. Maknanya bahwa tidak semua aktifitas manusia memerlukan landasan. Hukum alam tidak selamanya terjadi karena landasan hukum sebab akibat. Kadang kita melakukan sesuatu karena kemauan semata tanpa harus berlandaskan pemikiran yang kompleks. Bahkan seringkali orang mendapatkan keberhasilan atau keberuntuntungan karena tanpa terkira/diduga karena perkiraan/dugaan biasanya lahir dari paham foundationalisme.

    ReplyDelete
  18. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pendidikan matematika /D

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.
    Dari dialog ini, pemahaman yang saya dapat adalah bahwa hidup kita itu dibantu oleh intuisi terutama intuisi dua satu. Kita bisa memahami apa yang telah kita baca berkat intuisi dua satu, ketika kita berkendara dan ternyata juga dibantu oleh intuisi dua satu. Dari dialog ini juga saya menyadari bahwa antara matematika sekolah dan matematika universitas, seharusnya pendekatan filosofisnya berbeda.

    ReplyDelete
  19. Hanifah Nabila Hendral
    19701251003
    PEP S2 A

    Assalamualaikum
    dari membaca artikel Prof, yang saya tangkap adalah kita sebagai manusia pasti memiliki intuisi dua satu yang mana akan membedakan kita dengan robot. Jika kita sebagai manusia tidak memiliki intuisi tentulah hidup akan terasa sulit. seperti yang dicontohkan oleh Cangik, jika kamu menengok ke belakang, maka kamu masih ingat sebagian kecil yang di muka

    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    PEP S2 A 2019

    anti-foundationisme adalah hidup yang tidak memiliki landasan. Namun, anti-foundationisme merupakan aspek yang selalu beriringan dengan kehidupan manusia. Anti-foundationisme yang perlu dipahami adalah tidak berlandaskan yang memberi efek positif dalam hidup. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel ini, salah satu anti-foundationisme adalah intuisi yang dimana manusia setengah melihat ke depan dan setengah melihat ke belakang. Hal ini perlu, karena manusia hidup perlu sesekali melihat ke belakang untuk instropeksi diri dan kembali melihat ke depan untuk perbaikan diri. Anti-foundationisme yang tidak diperlukan oleh manusia adalah hidup tanpa pedoman yang jelas. Hal ini berakibat pada kehidupan manusia yang tidak terarah dengan jelas dan pasti.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  21. Anna Isabela Sanam
    19701251001
    S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (2019)

    Semua kegiatan yang dilakukan seperti dituliskan dalam artikel ini yakni seperti membaca, menulis, bekerja, berbicara dan lain sebagainya merupakan pengetahuan yang kita miliki dalam diri kita. Tentunya dalam melakukan hal – hal ini kita memiliki pondamen atau keyakinan yang mendasar. Sebaliknya anti-foundationalisme artinya bertentangan atau tidak adanya pondamen. Namun seringkali dalam kehidupan nyata banyak hal terjadi dan dialami tanpa alasan. Contohnya begitu banyak cobaan hidup tapi selalu ada solusi. Artinya bahwa Kuasa Tuhan bekerja sempurna karena cobaan yang diberikan tidak melampaui batas kemampuan umat-Nya.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  22. Choirul Amri
    (19709251078 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, setelah membaca tulisan Bapak Marsigit diatas saya jadi teringat pada bacaan sebelumnya yakni berkenaan dengan tulisan berjudul landasan, menurut saya tema anti-foundationalisme berkebalikan dengan bahasan sebelumnya tersebut.
    Anti foundationalisme saya pahami menurut saya berarti tidak berlandasan, bermakna tidak mempunyai pijakan, Lalu menyoroti percakapan dalam tulisan Bapak sebelumnya, bahwa terdapat hidup yang berlandasan dan yang tidak berlandasan. Maka landasan tertinggi menurut saya dalam hidup adalah petunjuk dan pedoman hidup itu sendiri yaitu agama yang diatur oleh Tuhan Yang Maha Esa Allah Subhanawataala yang diberikan kepada manusia dalam bentuk kitab suci Alquran dan sunnah nabi bagi saya seorang muslim. Maka orang yang tidak menjalankan apa yang dipercayainya itulah yang kemudian dan inilah mereka yang anti-foundationalisme, maka dialah yang tidak memiliki landasan hidup, hidup seenaknya tanpa tujuan setelah kehidupan.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  23. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dalam postingan ini, saya memahami bagaiman kualitas hidup kita juga ditentukan intuisi dua satu yang secara tidak sadar menentukan respon pikiran dan prilaku yang kita kerjakan dalam aktivitas keseharian kita.

    ReplyDelete
  24. Galih Istiningsih
    19706261009
    S3 Pendas 2019
    assalamualaykum.. dalam tulisan prof tentang anti-foundalisme memberikan gambaran tidak berlandasan secara pasti tetapi memberi arti yang sangat signifikan, tetap maju ke depan tetapi tidak melupakan perbaikan di belakang. intuisi 21 merupakan contoh dari antifoundalisme tida disadari sebagai insan manusia. tetapi keunikan manusia berbeda dengan robot karena memiliki intuisi 21 untuk menjadikan diri kita semakin berkualitas untuk mencapai tujuan yg efektif baik di dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  25. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Anti-foundationalisme merupakan kebalikan foundationalisme. Foundationalisme bermakna berlandasakan, yang mendasari sedangkan anti-foundationalisme bermakna sebaliknya yaitu tidak berlandaskan. kecenderungan makna anti-foundationalisme bermakna negatif. tetapi dalam tulisan prof saya mendapatkan ilmu bahwa anti-foundationalisme juga begitu penting terhadap kehidupan manusia seperti intuisi dua satu yang membantu kita dalam merespon aktivitas pikiran dan perilaku manusia seperti membaca, menulis, mengingat, berdoa, berjalan dan sebagainya.

    ReplyDelete
  26. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Dalam tulisan ini istilah yang baru bagi saya adalah intuisi dua-satu atau “intuisi two ones”. Sekalipun baru namun tanda disadari dalam praktek sudah sering dialami secara langsung. Saya mencoba mempraktekan secara langsung dua contoh yang Bapak berikan yang pertama saya mencoba melihat kedepan dan benar bahwa saya bisa melihat sedikit yang dikiri dan yang kanan. Saat menengok kebelakang saya masih ingat apa yang tadinya ada didepan mata walau tak semuanya. Oleh karena itu saya menyimpulkan bahwa ibarat hidup kita adalah manusia tidak sempurna kita akan saling membutuhkan satu dengan yang lain saat ingin mewujudkan cita – cita kita. Kita akan selalu berjalan maju kedepan tapi jangan pernah melupakan apa yang sempat kita alami dimasa lalu. Saya sering mendengar nasihat kecil yang mengatakan “pengalaman adalah guru terbaik” atau “your past is the best teacher”.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  27. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Kejadian dalam kenyataan hidup adalah serangkaian peristiwa di dalam putaran waktu. Sehingga setiap kejadian berhubungan dengan kejadian yang lain. Maka berlakulah hukum sebab-akibat, ada pertanyaan maka ada pula jawaban, ada aksi maka ada pula reaksi, ada landasan atau fondasi maka ada pula bangunan. Namun manusia sendiri tidak semuanya mengerti mengenai hukum sebab akibat, karena hukum sebab akibat hanya Tuhan yang mengetahui sebenar2nya. Manusia hanya bisa mengerti sebagian seperti melalui intuisi, dengan adanya intuisi manusia memiliki kesempatan untuk mengetahui apa-apa yang belum tahu menjadi tahu dari yang ada dan yang mungkin ada.

    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  28. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Berarti anti-foundationalisme itu terjadi dengan sendirinya, tanpa kita sadari dan tidak dapat dijelaskan sebabnya. Memang benar juga, kita kadang bisa melakukan sesuatu secara otomatis tapi tidak tahu mengapa kita melakukan itu. Manusia memang tidak tahu sebabnya tapi hanya Tuhan yang tahu segalanya karena semua itu mutlak kuasaNya. Dan saya juga baru tahu istilah intuisi dua satu yang artinya mengerti tanpa sebab. Semua orang pasti pernah melakukannya tapi tidak menyadari bahwa itu adalah intuisi dua satu. Terimakasih untuk Bapak Prof. Marsigit yang sudah menuliskan paparan ini sehingga memunculkan pengetahuan pengetahuan yang baru bagi kami semua. Tuhan memberkati Bapak.

    ReplyDelete
  29. Achmad Rante Suparman
    19701261010
    PEP S3 2019


    Assalamualaikum Wr Wb.
    Foundalisme = fondasi = landasan

    maka anti foundalisme = menolak paham foundalisme = menolak bahwa semua hal memiliki landasan.

    Anti foundasionalisme adalah lawan dari foundalisme atau menolak pendekatan foundasionalis.
    Banyak hal yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari yang sebenarnya kita tidak paham alasan mengapa kita harus melaksanakannnya. Hidup kita lebih banyak ditentukan oleh pengalaman pribadi, tetapi apa yang kita alami dan rasakan terkadang kita tidak paham dengan alasannya, mengapa dan untuk apa kita lakukan.

    Bagi seorang antifoundasionalis, belajar hanyalah sesuatu yang digunakan manusia untuk memahami apa yang dipikirkan masyarakat. Seorang antifoundasionalis percaya bahwa segala sesuatu ada hanya karena kita percaya itu ada. Karena itu kenyataan hanya ada untuk individu, karena semua yang kita rasakan adalah dari individu. (Petraglia-Bahri)

    ReplyDelete
  30. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Antifondalisme adalah antitesis dari fondamentalisme. Jika fondasionalisme meyakini bahwa semua pengetahuan memiliki landasan keyakinan yang mendasarinya, maka antifondasionelisme meyakini sebaliknya bahwa pengetahuan tidak meski didasari oleh suatu landasan. Jika fondasionalisme meyakini bahwa rasio adalah satu-satunya alat yang mampu menggapai pengetahuan, maka antifondasionalisme sebaliknya, menganggap bahwa selain rasio ada alat lain, seperti instuisi, sehingga antifondasionaisme kadang disebut pragmatisme.
    Demikian dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  31. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Fondasionalisme adalah teori pembenaran yang didasarkan pada anggapan dasar bahwa, klaim kebenaran terhadap sesuatu perlu didasarkan pada fondasi atau basis yang kokoh, dan jelas dengan sendirinya sehingga tidak membutuhkan koreksi lebih lanjut. Fondasi yang dimaksud oleh para penganut teori pembenaran ini biasanya berbentuk intuisi akal budi atau persepsi indrawi. Maka anti-fondasionalisme merupakan paham pembenaran yang tidak berlandasan. Berdasarkan contok anti- fondasionalisme yang diberikan oleh Bapak, salah satu contohnya yaitu Axiomatic Mathematics. Hal tersebut karena suatu aksioma adalah suatu pernyataan yang bisa dilihat kebenarannya tanpa perlu adanya bukti.

    ReplyDelete
  32. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Terkait dengan hal-hal yang tidak berlandasan, sebenarnya kita seringkali mengalaminya. Ketika sesuatu yang tidak sesuai harapan kita terjadi, kita seringkali menyangkal kenyataan karena merasa tidak ada hal yang dapat menyebabkan kejadian tersebut terjadi. Pada keadaan itu kita terkadang lupa akan kuasa Tuhan dan bahwa segala halnya pasti ada sebab dan akibatnya. Semoga kita semua dapat belajar dari segala hal yang terjadi pada hidup kita dan memaknainya sebagai pembelajaran hidup untuk menjadi eseorang yang jauh lebih baik lagi.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  33. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika 2019

    Dari tulisan tersebut saya mendapatkan bahwa anti-foundationalisme merupakan tidak berlandasan atau sulit mencari landasannya. Pada tulisan tersebut disebutkan bahwa antifoundationalisme dari matematika adalah tidak menggunakan definisi. Hal tersebut memang benar, karena definisi merupakan landasan dalam matematika. Tidak akan ada teorema, aksioma, maupun postulat jika tidak ada definisi.

    ReplyDelete
  34. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Anti-fondasionalisme (juga disebut nonfoundasionalisme) adalah filsafat yang menolak pendekatan fondasionalis. Seorang anti-fondasionalis adalah orang yang tidak percaya bahwa ada beberapa kepercayaan atau prinsip dasar yang merupakan dasar dasar atau dasar penyelidikan dan pengetahuan.

    Setelah membaca artikel di atas, saya dapat memahami pentingnya foundation/landasan. Namun dalam matematika memungkinkan adanya antifoundationalisme, yaitu tanpa definisi.

    ReplyDelete
  35. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Setelah saya membaca postingan tersebut, Segala sesuatu yang tidak menggunakan fondamen disebut anti fondasionalisme. Matematika murni termasuk fondasionalisme. Hidup itu separuh fondasionalisme dan separuh anti fondasionalisme. Hidup ini juga ada fondamen dan bukan fondamen, bukan fondamen sendiri merupakan intuisionaisme. Intuisi itu mengerti tanpa sebab dan diluar nalar dan tidak dapat didefinisikan.

    ReplyDelete
  36. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019

    Anti foundationalisme diartikan sebagai sesuatu yang tidak memiliki landasan atau dasar. Salah satu contoh anti foundationalisme yaitu intuisi yang diarikan sebagai mengetahui suatu hal tanpa sebab. Contoh dari intuisi yaitu Panjang, lebar, waktu, ukuran, kasih saying, rindu, dan cinta. Contoh intuisi dalam matematika yaitu ketika berhadapan dengan suatu persoalan atau masalah matematika kita serta merta mengetahui jawabannya tetapi tidak tahu menahu dari mana jawaban itu berasal. Intuisi hamper sama dengan kepekaan. Jika kita peka terhadap suatu hal maka kita bias dengan mudah mengatasi hal tersebut.

    ReplyDelete
  37. Wiwin MIstiani
    NIM 19701261011
    PEP S3 2019
    Dari penjelasan Prof tentang Foudationalisme saya dapat menyimpulkan bahwa
    1. Anti Tesisnya Foundationalisme adalah Anti Foundationalisme yang dapat diartikan tidak berlandasan, sulit dicari landasannya, tidak terlihat landasannya, tidak disadari landasànnya, tidak diakui landasannya.
    2. Anti-foundationalisme adalah tidak menggunakan hukum sebab-akibat. banyak hal di dunia ini yang ada banyak akibat_ di mana manusia tidak mengetahuinya _sebabnya, melainkan semata Kuasa Tuhan. Namun disisi lain kita juga sering juga mendapati ada sebab tapi tidak ada akibat. jadi Sebenar benar godaan manusia adalah jika tidak mampu mengetahui _sebab_, tidak pula percaya Kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  38. Dea Armelia
    19709251072
    S2 Pend. Matematika D 2019

    Berbicara tentang intuisi, ada yang mengatakan bahwa Intuisi adalah ilham atau inspirasi. Pada praktiknya intuisi muncul dalam bentuk pengetahuan yang tiba-tiba hadir dalam sadar tanpa melalui penalaran yang jelas, tidak analitik dan tidak selalu logis. Meskipun pengetahuan intuisi hadir begitu saja secara tiba-tiba, namun ia juga tidak terjadi kepada semua orang melainkan hanya jika seseorang itu sudah berfikir keras mengenai suatu masalah.

    ReplyDelete
  39. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Semua di dunia ini memiliki pasangan (lawan).
    Anti-foundationalisme merupakan lawan dari foundationalisme. Ibaratnya thesis dan anti-thesis. Anti-foundationalisme kenyataan adalah tidak menggunakan hukum sebab-akibat.

    ReplyDelete
  40. Duden Saepuzaman
    NIM. 19701261008
    S3 PEP 2019

    Setelah membaca tulisan ini, dalam benak terpikir bahwa anti-Foundationalisme merupakan lawan atau kebalikan atau kontradiksi dari Fundationalisme. Fondationalisme merupakan pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Hal ini berhubungan dengan epistemologi. Fondasionalisme ini menjadi salah satu ciri utama filsafat modern sejak Descartes karena Tugas pokok filsafat modern adalah mencari fondasi segala pengetahuan (fondasionalisme).Jika dikatakan anti foundalisme berarti secara sederhana disefinisikan sebagai tidak berlandasan, tidak mendasar, atau bisa jdi ada landasan hanya saja landasannya tidak di akui.

    ReplyDelete
  41. Tidak semua yang dilakukan harus berdasar atau berlandasan. Mungkin kalimat ini cocok dengan anti-foundationalisme. Kasus yang dicontohkan adalah anti-foundationalisme untuk matematika yang cenderung menggunakan hukum sebab-akibat dalam rumus-rumusnya. Anti-foundationalisme matematika di sini adalah intuisi yang cenderung semaunya sendiri tanpa melihat sebab-akibat. Layaknya paradigma penelitian, matematika dan intuisi ini seperti paradigma kuantitatif dan kualitatif. Dengan kata lain, anti-foundationalisme merupakan tandingan atau pasangan dari foundationalisme. Dalam kehidupan secara umum memang diciptakan berpasang-pasangan yang tidak terpisahkan.

    Ikhsanudin (PEP-S3/19701261001)

    ReplyDelete
  42. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Foundationalisme adalah pondasi dasar dalam berpikir. Anti foundationalisme suatu sikap yang berbeda dengan dasar-dasar pemikiran baik dalam kehidupan sosial maupun bernegara. Orang-orang berpikir anti foundationalisme inginnya melakukan sesuatu dengan berbeda misalnya dengan syarat. Kemudian juga bermakna tidak mempunyai pijakan, dalam percakapan pada tulisan Bapak sebelumnya, bahwa terdapat hidup yang berlandasan dan yang tidak berlandasan. Maka landasan tertinggi menurut saya dalam hidup adalah petunjuk dan pedoman hidup itu sendiri yaitu agama yang diatur oleh Tuhan Yang Maha Esa

    ReplyDelete
  43. Muh. Asriadi AM
    19701251008
    S2 PEP A 2019
    Fundamental adalah sesuatu yang mendasar. Jika dilihat dari kata, makan Anti-Foundamentalism merupakan paham yang meletakkan pembenaran pada ketiadaan landasan. Anti foundalisme sering kita artikan kepada suatu kata yang bertolak belakang atau negatif. Ternyata dari anti foundaliseme memunculkan sebuah intuisi dua satu. Tanpa kita sadari selama ini kita sudah menerapkan apa yang dinamakan intuisi dua satu,seyogyanya kita hidup harus memiliki landasan yang jelas agar kita mampu menjalani kehidupan ini dengan sebaik-baiknya. Namun, ketika tidak ada landasan di dalamnya maka kita tidak mempunyai arah atau bisanya hanya mengikuti arus kehidupan tanpa mempertimbangkan akibat kedepannya

    ReplyDelete