Sep 25, 2017

*ANTI-FOUNDATIONALISME*


Oleh: Marsigit, UNY


*Limbuk*: Kamu pernah mengatakan ada _anti-foundationalisme_ . Apa artinya?

*Cangik*: _Anti-foundationalisme_, ìtu : _tidak berlandasan, sulit dicari landasannya, tidak terlihat landasannya, tidak disadari landasànnya, tidak diakui landasannya, dst._

*Limbuk*: Lho apa ada? Apa contohnya?

*Cangik*: Contohnya banyak. _Anti-foundationalisme kenyataan_ adalah tidak menggunakan hukum sebab-akibat. _Anti-foundationalisme hukum hukum_ adalah menggunakan hukum kebiasaan. _Anti-foundationalisme matematika_ adalah tidak menggunakan definisi. _Anti-foundalisme pikiran_ adalah berpikir tanpa awalan. _Anti-foundationalisme spirirual_ adalah mempercayai Tuhan tanpa perlu memberi alasan. _Anti-foundalisme doa_ adalah terus berdoa di dalam hatimu.

*Limbuk*: Tidak percaya hukum sebab-akibat? Apa ada akibat tanpa sebab?

*Cangik*: Banyak. _Akibat tanpa sebab_, jika kamu tidak dapat menjelaskan sebabnya, tetapi dapat merasakan akibatnya. Jadi _akibat tanpa sebab_ itu ranah atau domain manusia. Banyak _akibat_ di mana manusia tidak mengetahuinya _sebabnya_, melainkan semata Kuasa Tuhan. Sebenar benar godaan manusia adalah jika tidak mampu mengetahui _sebab_, tidak pula percaya Kuasa Tuhan.

*Limbuk*: _Anti-foundationalisme Matematika itu apa saja?

*Cangik*: _Anti-foundationalisme Matematika_ itu macam-macam: _Intuitionisme, Pragmatisme, Strukturalisme, Realisme, Realistics Mathematics, Matematika Sekolah, Primary Mathematics, Fallibistic Mathematics, Hermeneutical Mathematics, Horizontal Mathematics, Concret Mathematic, Socio-cultural Based Mathematics, Beyond-mind Mathematics, Heterogonomous Mathematics, Progressive Mathematics, Interactive Mathematics, Hands-on Mathematics, Inductive Mathematics, Younger Mathematics, Aristotelian Mathematics, dst._

*Limbuk*: _Intuitionisme_ ?

*Cangik*: _Intuisi_ itu _mengerti tanpa sebab_. Oleh karena itu, intuisi itu tidak perlu dan tidak dapat didefinisikan.

*Limbuk*: Aku pernah mendengar _intuisi dua satu_ ? Apa artinya?

*Cangik*: _Intuisi dua satu_ itu adalah _setengah ingat setengah sadar_. _Intuisi dua satu_ disebut juga _intuisi two ones_.

*Limbuk*: Lho? Contohnya?

*Cangik*: Kamu melihat ke depan, maka kamu bisa melihat sedikit yang di kiri dan yang di kanan. Itu karena kamu mempunyai _intuisi dua satu_. Kamu tengok ke belakang, maka kamu masih ingat sebagian kecil yang di muka. Itu karena kamu mempunyai _intuisi dua satu_.

*Limbuk*: Manfaat _intuisi dua satu_.

*Cangik*: Jika kamu tidak mempunyai _intuisi dua satu_ maka kualitas hidupmu lebih rendah dari _robot_.

*Limbuk*: Lho kok?

*Cangik*: Kamu dapat membaca buku, karena _kamu masih ingat halaman yang sudah kau baca, sementara kamu menyadari halaman yang sedang kamu baca_. Itulah peran _intuisi dua satu_ sehingga engkau bisa membaca. Hampir semua kegiatanmu itu karena jasa _intuisi dua satu_ : _membaca, berjalan, menulis, bekerja, berbicara, berdoa, dst_. Itulah _intuisi two oneness_ juga termasuk _anti-foundationalisme_.

*Limbuk*: Kok _anti-foundationalisme matematika_ ada banyak sekali ?

*Cangik*: Dari sebab sebenar-benar _foundationalisme mathematics_ adalah: _Axiomatic Mathematics, Deductive Mathematics, Formal Mathematics, Abstract Mathematics, Adult Mathematics, Rigorous Mathematics, University Mathematics, dan atau Pure Mathematics_.

*END*

No comments:

Post a Comment