Sep 25, 2017

*ANTI-FOUNDATIONALISME*


Oleh: Marsigit, UNY


*Limbuk*: Kamu pernah mengatakan ada _anti-foundationalisme_ . Apa artinya?

*Cangik*: _Anti-foundationalisme_, ìtu : _tidak berlandasan, sulit dicari landasannya, tidak terlihat landasannya, tidak disadari landasànnya, tidak diakui landasannya, dst._

*Limbuk*: Lho apa ada? Apa contohnya?

*Cangik*: Contohnya banyak. _Anti-foundationalisme kenyataan_ adalah tidak menggunakan hukum sebab-akibat. _Anti-foundationalisme hukum hukum_ adalah menggunakan hukum kebiasaan. _Anti-foundationalisme matematika_ adalah tidak menggunakan definisi. _Anti-foundalisme pikiran_ adalah berpikir tanpa awalan. _Anti-foundationalisme spirirual_ adalah mempercayai Tuhan tanpa perlu memberi alasan. _Anti-foundalisme doa_ adalah terus berdoa di dalam hatimu.

*Limbuk*: Tidak percaya hukum sebab-akibat? Apa ada akibat tanpa sebab?

*Cangik*: Banyak. _Akibat tanpa sebab_, jika kamu tidak dapat menjelaskan sebabnya, tetapi dapat merasakan akibatnya. Jadi _akibat tanpa sebab_ itu ranah atau domain manusia. Banyak _akibat_ di mana manusia tidak mengetahuinya _sebabnya_, melainkan semata Kuasa Tuhan. Sebenar benar godaan manusia adalah jika tidak mampu mengetahui _sebab_, tidak pula percaya Kuasa Tuhan.

*Limbuk*: _Anti-foundationalisme Matematika itu apa saja?

*Cangik*: _Anti-foundationalisme Matematika_ itu macam-macam: _Intuitionisme, Pragmatisme, Strukturalisme, Realisme, Realistics Mathematics, Matematika Sekolah, Primary Mathematics, Fallibistic Mathematics, Hermeneutical Mathematics, Horizontal Mathematics, Concret Mathematic, Socio-cultural Based Mathematics, Beyond-mind Mathematics, Heterogonomous Mathematics, Progressive Mathematics, Interactive Mathematics, Hands-on Mathematics, Inductive Mathematics, Younger Mathematics, Aristotelian Mathematics, dst._

*Limbuk*: _Intuitionisme_ ?

*Cangik*: _Intuisi_ itu _mengerti tanpa sebab_. Oleh karena itu, intuisi itu tidak perlu dan tidak dapat didefinisikan.

*Limbuk*: Aku pernah mendengar _intuisi dua satu_ ? Apa artinya?

*Cangik*: _Intuisi dua satu_ itu adalah _setengah ingat setengah sadar_. _Intuisi dua satu_ disebut juga _intuisi two ones_.

*Limbuk*: Lho? Contohnya?

*Cangik*: Kamu melihat ke depan, maka kamu bisa melihat sedikit yang di kiri dan yang di kanan. Itu karena kamu mempunyai _intuisi dua satu_. Kamu tengok ke belakang, maka kamu masih ingat sebagian kecil yang di muka. Itu karena kamu mempunyai _intuisi dua satu_.

*Limbuk*: Manfaat _intuisi dua satu_.

*Cangik*: Jika kamu tidak mempunyai _intuisi dua satu_ maka kualitas hidupmu lebih rendah dari _robot_.

*Limbuk*: Lho kok?

*Cangik*: Kamu dapat membaca buku, karena _kamu masih ingat halaman yang sudah kau baca, sementara kamu menyadari halaman yang sedang kamu baca_. Itulah peran _intuisi dua satu_ sehingga engkau bisa membaca. Hampir semua kegiatanmu itu karena jasa _intuisi dua satu_ : _membaca, berjalan, menulis, bekerja, berbicara, berdoa, dst_. Itulah _intuisi two oneness_ juga termasuk _anti-foundationalisme_.

*Limbuk*: Kok _anti-foundationalisme matematika_ ada banyak sekali ?

*Cangik*: Dari sebab sebenar-benar _foundationalisme mathematics_ adalah: _Axiomatic Mathematics, Deductive Mathematics, Formal Mathematics, Abstract Mathematics, Adult Mathematics, Rigorous Mathematics, University Mathematics, dan atau Pure Mathematics_.

*END*

13 comments:

  1. Restu Widhi Laksana
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251022
    Bismillahirrokhmanirrokhim
    Yang saya fahami dari artikel ini adalah, semua hal mempunyai thesis dan anti-thesis. Dimana keduanya bersifat saling berlawanan. Saya menemukan istilah baru yaitu intuisi dua satu. Dimana menurut artikel ini intuisi tersebut memungkinkan kita melakukan hampir semua hal yang biasa kita lakukan. Karena inti dari intuisi dua satu ini adalah melakukan sesuatu dengan sadar dalam waktu yang bersamaan masih mengingat sesuatu yang telah berlalu. Hal ini memungkinkan kita melakukan kegiatan secara simultan dan terus bergerak dalam lingkaran antara ingatan dan kesadaran melakukan sesuatu yang ditarik garis linear membentuk lintasan spiral (progresif).

    ReplyDelete
  2. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Manfaat intuisi dua satu dalam kehidupan menarik perhatian saya. Ketikaa kita tidak memiliki intuisi dua satu, maka kita aan sulit memahami apapun. Seperti dicontohkan di atas adalah ketika membaca buku. Kita akan memahami keseluruhan buku jjika kita masih mengingat halaman sebelumnya. Begitu juga ketika kita melakukan hal lain.

    ReplyDelete
  3. Muhammad Nurfauzan
    14301241015
    S1 Pendidikan Matematika

    Fundamental adalah sesuatu yang mendasar. Jika dilihat dari kata, makan Anti-Foundamentalism merupakan paham yang meletakkan pembenaran pada ketiadaan landasan. Seperti contoh tersebut yaitu Anti-Foundamentalisme matematika yang secara langsung tidak menggunakan definisi sebagai landasan, namun tujuannya yaitu menyampaikan konsep ke objek yg akan menerima tersampaikan. Definisi-definisi tidak secara terlihat menjadi landasan pada anti-foundamentalism matematika tersebut.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  4. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018

    Segala sesuatu sebenarnya memiliki fondasi. Jika saat ini belum ada hanya disebabkan bahwa fondasi belum ditemukan, belum dirumuskan, atau masih acak. karena itu, istilah anti foundalisme sangat tergantung pada ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  5. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Anti foundalisme sering kita artikan kepada suatu kata yang bertolak belakang atau negatif. Ternyata dari anti foundaliseme memunculkan sebuah intuisi dua satu. Tanpa kita sadari selama ini kita sudah menerapkan apa yang dinamakan intuisi dua satu. Intuisi dua satu memberikan kita sebuah ingatan yang tanpa kita sadari tentang apa yang sudah kita lakukan. Jika kita menerapkan intuisi dua satu dalam kehidupan kita melalui pengalaman-pengalaman sebelumnya, maka kualitas hidup yang kita punya akan lebih baik, karena tanpa kita sadari bahwa kita sedang memillih hal-hal yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  6. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Anti Foundationalisme bisa berarti tidak berlandaskan. Jika tidak ada landasannya maka tidak akan baik hidupnya. Jika tidak diketahui bagaimana hukumnya maka bisa semena-mena hidupnya. Anti foundationalisme dalam matematika bisa berarti realistics mathematics, matematika sekolah, inductive mathematics, progressive mathematics, dan lain sebagainya. Dalam matematika pun perlu adanya landasan, karena jika tidak adanya landasan maka tidak akan sesuai dengan kaidah yang diinginkan. jika ingin mengajarkan dengan baik dan sesuai maka perlu adanya landasan berupa RPP agar pembelajarannya lebih terarah dan sesuai dengan tujuannya. Maka peru adanya landasan agar dapat lebih baik dalam menjalani hidup ini.
    Wassalamualaikum wr .wb.

    ReplyDelete
  7. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Assalamualaikum wr.wb.
    mendengar kata Foundalisme tentunya kita berfikir itu Negatif akan tetapi setelah kita melihat penjelasan berbagai kata foundalisme dalam ilmu matematika tentunya kita memahami bahkan kita pernah menerapkan dalam pembelajaran.
    Wassalamualaikum wr .wb.

    ReplyDelete
  8. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Anti foundationalisme merupakan bentuk ketidakpercayaan terhadap sesuatu atau tidak memiliki landasan. Seyogyanya kita hidup harus memiliki landasan yang jelas agar kita mampu menjalani kehidupan ini dengan sebaik-baiknya. Namun, ketika tidak ada landasan di dalamnya maka kita tidak mempunyai arah atau bisanya hanya mengikuti arus kehidupan tanpa mempertimbangkan akibat kedepannya. Janganlah menjadi orang yang anti foundationalisme melainkan berfoundationalisme.

    ReplyDelete
  9. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb.
    Kegiatan yang kita lakukan harus selalu memiliki landasan. Landasan yang kita punya harus memiliki alasan-alasan yang menjadi dasarnya. Dengan dasar yang kita punya akan menjadi arahan kita untuk melakukan kegiatan yang dilakukan maupun yang akan dilakukan kedepannya.

    ReplyDelete
  10. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Foundationalisme adalah pondasi dasar dalam berpikir. Anti foundationalisme suatu sikap yang berbeda dengan dasar-dasar pemikiran baik dalam kehidupan sosial maupun bernegara. Orang-orang berpikir anti foundationalisme inginnya melakukan sesuatu dengan berbeda misalnya dengan syarat. Atau juga hal-hal yang sangat bertolak belakang dengan pemikiran seseorang tetapi dengan tujuan sama atau berbeda dari dasarnya. Anti foundationalisme bukan sesuatu yang ekstrim. Dengan cara berbeda meski anti foundationalisme tetapi cara tepat sasaran untuk mencapai tujuan merupakan sesuatu yang baik. terimakasih

    ReplyDelete
  11. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Anti foundationalisme merupakan kebalikan dari paham foundationalisme. Anti foundationalisme berarti segala sesuatu yang dilakukan tidak memiliki landasan atau fondasi yang menopang sesuatu tersebut. Dalam hidup kita harus memiliki landasan agar kita memiliki alasan dalam mencapai suatu tujuan kehidupan.

    ReplyDelete
  12. Lumaurridlo
    18701261010
    S3-PEP 2018


    bahwa selalu ada sebab untuk adanya akibat, lantas mengapa ada ANTI-FOUNDATIONALISME? hal ini ada mungkin karena sebab yang sangat sulit dijelaskan atau sulit untuk dijangakau akal atau logika manusia saat ini. satu-satunya yang ada tanpa ada sebab adalah tuhan. Dia ada dengan Sendirinya tak bermula dan takkan pernah berakhir. justru kebaradaannya menjadi sebab dari sebab. apabila manusia sedang mengalami Anti-foundationalisme, maka kembalika semuanya kepada Tuhan itulah Anti-foundationalisme sejati, Anti-foundationalisme spiritual_ adalah mempercayai Tuhan tanpa perlu memberi alasan.

    ReplyDelete
  13. Hanif cahyo adi kistoro
    S3 PEP/ 18701264004

    Fondasi itu untuk menguatkan. kalau ada yang anti foundations artinya ingin melemahkan. sementara sesuatu yang lemah cenderung hancur. fondasi dalam apapun akan selalau dibutuhkan dan penting

    ReplyDelete