Sep 25, 2017

*ANTI-FOUNDATIONALISME*


Oleh: Marsigit, UNY


*Limbuk*: Kamu pernah mengatakan ada _anti-foundationalisme_ . Apa artinya?

*Cangik*: _Anti-foundationalisme_, ìtu : _tidak berlandasan, sulit dicari landasannya, tidak terlihat landasannya, tidak disadari landasànnya, tidak diakui landasannya, dst._

*Limbuk*: Lho apa ada? Apa contohnya?

*Cangik*: Contohnya banyak. _Anti-foundationalisme kenyataan_ adalah tidak menggunakan hukum sebab-akibat. _Anti-foundationalisme hukum hukum_ adalah menggunakan hukum kebiasaan. _Anti-foundationalisme matematika_ adalah tidak menggunakan definisi. _Anti-foundalisme pikiran_ adalah berpikir tanpa awalan. _Anti-foundationalisme spirirual_ adalah mempercayai Tuhan tanpa perlu memberi alasan. _Anti-foundalisme doa_ adalah terus berdoa di dalam hatimu.

*Limbuk*: Tidak percaya hukum sebab-akibat? Apa ada akibat tanpa sebab?

*Cangik*: Banyak. _Akibat tanpa sebab_, jika kamu tidak dapat menjelaskan sebabnya, tetapi dapat merasakan akibatnya. Jadi _akibat tanpa sebab_ itu ranah atau domain manusia. Banyak _akibat_ di mana manusia tidak mengetahuinya _sebabnya_, melainkan semata Kuasa Tuhan. Sebenar benar godaan manusia adalah jika tidak mampu mengetahui _sebab_, tidak pula percaya Kuasa Tuhan.

*Limbuk*: _Anti-foundationalisme Matematika itu apa saja?

*Cangik*: _Anti-foundationalisme Matematika_ itu macam-macam: _Intuitionisme, Pragmatisme, Strukturalisme, Realisme, Realistics Mathematics, Matematika Sekolah, Primary Mathematics, Fallibistic Mathematics, Hermeneutical Mathematics, Horizontal Mathematics, Concret Mathematic, Socio-cultural Based Mathematics, Beyond-mind Mathematics, Heterogonomous Mathematics, Progressive Mathematics, Interactive Mathematics, Hands-on Mathematics, Inductive Mathematics, Younger Mathematics, Aristotelian Mathematics, dst._

*Limbuk*: _Intuitionisme_ ?

*Cangik*: _Intuisi_ itu _mengerti tanpa sebab_. Oleh karena itu, intuisi itu tidak perlu dan tidak dapat didefinisikan.

*Limbuk*: Aku pernah mendengar _intuisi dua satu_ ? Apa artinya?

*Cangik*: _Intuisi dua satu_ itu adalah _setengah ingat setengah sadar_. _Intuisi dua satu_ disebut juga _intuisi two ones_.

*Limbuk*: Lho? Contohnya?

*Cangik*: Kamu melihat ke depan, maka kamu bisa melihat sedikit yang di kiri dan yang di kanan. Itu karena kamu mempunyai _intuisi dua satu_. Kamu tengok ke belakang, maka kamu masih ingat sebagian kecil yang di muka. Itu karena kamu mempunyai _intuisi dua satu_.

*Limbuk*: Manfaat _intuisi dua satu_.

*Cangik*: Jika kamu tidak mempunyai _intuisi dua satu_ maka kualitas hidupmu lebih rendah dari _robot_.

*Limbuk*: Lho kok?

*Cangik*: Kamu dapat membaca buku, karena _kamu masih ingat halaman yang sudah kau baca, sementara kamu menyadari halaman yang sedang kamu baca_. Itulah peran _intuisi dua satu_ sehingga engkau bisa membaca. Hampir semua kegiatanmu itu karena jasa _intuisi dua satu_ : _membaca, berjalan, menulis, bekerja, berbicara, berdoa, dst_. Itulah _intuisi two oneness_ juga termasuk _anti-foundationalisme_.

*Limbuk*: Kok _anti-foundationalisme matematika_ ada banyak sekali ?

*Cangik*: Dari sebab sebenar-benar _foundationalisme mathematics_ adalah: _Axiomatic Mathematics, Deductive Mathematics, Formal Mathematics, Abstract Mathematics, Adult Mathematics, Rigorous Mathematics, University Mathematics, dan atau Pure Mathematics_.

*END*

115 comments:

  1. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Saya baru menyadari pentingnya intuisi dalam diri individu. Jika seseorang tidak mampu berintuisi maka kualitas hidupnya lebih rendah dari robot. Saya dapat membayangkan bagaimana cara kerja robot itu sendiri. Namun, sangat disayangkan jika kapasitas otak manusia yang begitu canggih dari alat-alat yang digunakan robot kedudukannya berada di bawah robot. Tentunya untuk melakukan kegiatan sehari-hari juga akan mengalami hambatan dan kesulitan. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan kepada Bapak, Bagaimana cara meningkatkan intuisi pada seseorang yang memiliki intuisi yang rendah atau tidak mampu berintuisi sama sekali? Stimulus apa saja yang dapat diberikan kepadanya?
    Terima kasih Pak sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari dialog ini, pemahaman yang kami dapat adalah ternyata kita hidup itu dibantu oleh intuisi terutama intuisi dua satu. Kita bisa memahami apa yang telah kita baca berkat intuisi dua satu, ketika kita berkendara dan ternyata juga dibantu oleh intuisi dua satu. Dari dialog ini juga kami menyadari bahwa antara matematika sekolah dan matematika universitas, seharusnya pendekatan filosofisnya berbeda.

    ReplyDelete
  3. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Anti-foundationalisme disini dapat saya artikan sebagai taqlid dalam ranah religius. Anti-foundationalisme sebenarnya boleh kita ikuti namun tidak pada segala aspek. Karena anti-foundationalisme memang sebenarnya dibutuhkan oleh manusia juga karena keterbatasan mereka dalam mengetahui segala sesuatu yang terjadi dari sebab-akibat. Namun, dalam matematika anti-foundationalisme sebenarnya tidak baik. Karena kita hanya mengikuti tanpa tahu itu dari mana. Inti dari matematika adalah mengetaui sesuatu secara sistematis. Jika kita anti-foundationalisme dalam matematika, kita akan keteteran ketika memperoleh pengetahuan yang berhubungan dengan hal yang telah kita pelajari. Jadi, anti-foundationalisme sesungguhnya dalam ranah matematika tidak diperkenankan.
    TAMMA BIHADILLAH

    ReplyDelete
  4. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    seringkali Anti-foundationalisme berkonotasikan negatif, namun perlu kita ingat bahwa Anti-foundationalisme juga perlu ditingkatan karna bernilai psoitif seprti_Anti-foundationalisme matematika_ adalah tidak menggunakan definisi. _Anti-foundalisme matematika, salah satunya Intuitionisme atau intuisi. seseorang yang memiliki intuisi yang kuat cendrung lebih cepat memahami suatu kejadian.
    Kemudian Anti-foundationalisme spirirual juga sangat perlu ditingkatkan karna memang itulah sebenar-benar konsep keimanan. dan sebagai manusia yang lemah dan selalu membutuhkan pertolongan Anti-foundalisme doa juga perlu kita tingkatkan.

    ReplyDelete
  5. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Benar-benar di luar dugaanku. Berawal dari *ANTI-FOUNDATIONALISME*. Hingga berakhir di pikiranku betapa intuisi di dalam hidup begitu penting. Adalah serendah-rendah dan lebih rendah dari robot apabila si manusia yang sempurna dalam ketidaksempurnaan ini tak mampu berintuisi.
    Tentang intuisi. Secara cepat, memabawaku pada suasana perkuliahan perdana bersama Bapak Marsigit. Masih ingat betul, ku dudul di depan agak serong kiri dari hadapan Pak Marsigit. Tapi masalahnya bukan itu. Tiba-tiba teringat dengan pertanyaan bapak kepada salah seorang teman, "Sekarang kamu menghadap ke arah mana?". Dan benar, teman saya menjawab benar, waktu itu menjawab "barat", karena dia memang benar mengahadap ke barat. Dan yang membuat saya terkejut adalah tanggapan Bapak, "Kamu menjawab benar, itu berarti intuisimu bagus". Sontak ini membuatklu sangat kaget bukan main. Karena apa? Karena sesungguhnya sangat sulit bagi saya untuk menunjuk arah mata angin di mana saya berada. Sejujurnya ini membawa saya pada sudut kegelisahan. Akankah saya kurang mampu berintuisi? Lantas apakah saya akan menjadi yang lebih rendah dari robot? Bismillah, hanya Tuhan lah Sang Maha Penolong

    ReplyDelete
  6. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    S2 PEP Kelas B 2017

    Anti Foundationalisme menyadarkan kita bahwa sesungguhnya pengalaman perseptual tergantung dari kemampuan kita secara konseptual membangun struktur pemikiran. Contoh yang sangat menarik dengan adanya intuisi dua satu adalah saat membaca buku, kita masih ingat halaman yang sudah dibaca, sementara kita menyadari halaman yang sedang dibaca. Banyak hal yang sangat sulit bahkan tidak ada landasan mutlaknya, karena banyak terlalu banyak faktor yang dapat menjadi landasan dan upaya pencarian landasan sangat tergantung dari jenis pemikiran konseptual yang mampu kita miliki.

    ReplyDelete
  7. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Intuisi dua satu mutlak dimiliki oleh seorang guru sebagai pengajar. Guru mampu mengingat materi-materi sebelumnya, sementara ia sedang dalam keadaan sadar mengajar materi yang baru. Guru mampu mengingat siswa-siswa yang tadi menjawab salah suatu pertanyaan yang diberikan, sementara ia sedang menanyai siswa yang lain. Dalam beberapa kondisi, intuisi dua satu sebagai wujud antifoundalisme ini akan sangat membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

    ReplyDelete
  8. Riandika Ratnasari
    17709251043
    Pascasarjana Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Pertama kali saya membaca judul "Anti-Foundationalisme" dipikiran saya yaitu tentang sesorang yang melakukan suatu hal tanpa mempedulikan landasannya dan seseorang yang bertingkah pada hal negatif. Namun, setelah saya membaca tulisan Bapak, secara tidak sadar "Anti-Foundationalisme" ada di setiap langkah kita dan berada di sekitar kita. Pada kenyataan di dalam matematika ada "Anti-Foundationalisme". Pada kehidupan kita terdapat "Anti-Foundationalisme spiritual yaitu mempercayai Tuhan tanpa perlu memberikan alasan". Hal ini sangatlah penting untuk memperkuat iman manusia. Apapun yang terjadi dalam kehidupan adalah atas kuasa Tuhan sepenuhnya. Saya sangat setuju dengan kalimat Bapak "Banyak akibat di mana manusia tidak mengetahui sebabnya melainkan semata Kuasa Tuhan". Pembicaraan "Anti-Foundationalisme" berujung pada intuisi satu dua. Tanpa intuisi kita tidak dapat memperoleh sesuatu apapun, kita tidak dapat memperoleh ilmu. Pengalaman hidup yang kita hadapai setiap waktu akan semakin memperkuat intuisi yang kita miliki. Terimakasih Bapak Marsigit.

    ReplyDelete
  9. Pembicaraan Anti-Foundationalisme yang pada akhirnya ke masalah intuisi. Mengenai Intuisi dua satu saya baru mengetahui ketika kita tidak bsa mengaplikasikan intuisi dua satu berarti kualitas hidup kita lebih rendah dari sebuah robot. yang hanya ada dipikran saya pada saat membaca mengenai intuisi dua satu, adalah seorang guru, sepertinya guru mempunyai intuisi dua satu yang baik karena guru selalu menyampaikan materi dengan baik dari apa yang telah mereka baca.

    ReplyDelete
  10. Terimakasih bapak, atas pengertiannya tentang anti-foundationalisme. Mungkin sebagai orang awan menganggap istilah itu sebagai sesuatu yang “kurang baik”. Tetapi setelah menilik dari tulisan bapak, ternyata hal-hal baik pun dapat dikaitkan dengan istilah “anti-foundationalisme”.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  11. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Menurut saya anti-foundationalisme sangat erat kaitannya dengan kepasrahan (kehidupan yang fatalis/tanpa arah). Analoginya, tanpa dondasi maka suatu bangunan tidak akan berdiri secara kokoh. Begitupun dengan kehidupan manusia. Orang yang anti-foundationalisme adalah orang yang memaknai hidup hanya sebatas hidup, padahal manusia tidak hanya sebatas hidup tapi juga mengada. Kalau hidup hanya sebatas hidup, hewanpun demikian. Jika sudah begitu, lalu apa bedanya kita dengan hewan?

    ReplyDelete
  12. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Melalui tulisan anti-foundationalisme ini saya memahami bahwa anti-foundationalisme tidak hanya berhubungan dengan hal yang buruk dan negatif. Awalnya saya mengira anti-foundationalisme adalah sesuatu yang tidak berdasarkan landasan sehingga akan menghasilkan sesuatu yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Namun, setelah memahami tulisan diatas, saya mengetahui ternyata anti-foundationalisme juga mempunyai manfaat. Salah satunya yaitu intiutionisme atau lebih dikenal dengan intuisi dua satu. Dengan adanya intuisi dua satu ini, secara tidak disadari akan sangat membantu kegiatan dalam keseharian manusia, salah satu contoh sederhananya adalah dalam berjalan. Oleh sebab itu, jangan terlalu cepat mengambil keputusan bahwa sesuatu keliru dikarenakan tidak mempunyai landasan, karena bisa saja dalam kondisi tertentu hal tersebut tergolong pada intuitionisme.

    ReplyDelete
  13. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Fondationalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Hal ini berhubungan dengan epistemologi. Fondationalisme ini menjadi salah satu ciri utama filsafat modern sejak Descartes. Tugas pokok filsafat modern adalah mencari fondasi segala pengetahuan (fondationalisme). Jika dikaitkan dengan ilmu pengetahuan anti- Fondationalisme yaitu tidak adanya dasar yang kuat dalam memunculkan suatu teori, meskipun ditinjau dari sudut filsafat tetapi juga harus di dukung oleh tinjauan-tinjaun dari beberapa aliran yang mengkaji filsafat itu sendiri, begitu juga terhadap diri kita jika ingin belajar ilmu pengetahuan dasarnya adalah di awali dengan niat yang ikhlas. Oleh sebab itu hidup akan lebih terarah jika mempunyai landasan yang kuat.

    ReplyDelete
  14. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    Terimakasih prof, menurut saya dalam hidup ini memerlukan intuisi. Intuisi dua satu dapat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Dalam berkegiatan, mengulang kebiasaan, maupun dalam mencari ilmu dan melakukan membelajaran. intuisi dua satu memfasilitasi kita dan mempermudah dalam membelajarkan suatu hal. Intuisi dua satu merupakan salah satu wujud anti-foundalisme yang berguna untuk kehidupan kita.

    ReplyDelete
  15. Devi Nofriyanti
    17709251041
    Pps UNY P.Mat B 2017

    Terimakasih untuk tulisannya Pak.
    mungkin tulisan ini bisa dikaitkan dengan tulisan Bapak yang saya baca sebelumnya tentang "landasan". saya tangkap bahwa ini adalah kebalikannya, namun memang pada dasarnya ada hal2 yang tidak memiliki landasan atau sulit dicari landasannya, seperti yang bapak contohkan yakni Anti-foundationalisme kenyataan_ adalah tidak menggunakan hukum sebab-akibat, Anti-foundationalisme spirirual_ adalah mempercayai Tuhan tanpa perlu memberi alasan. Jika dikaitakan dengan spiritual maka ada banyak hal (akibat) yang terjadi tanpa kita ketahui sebabnya, namun kita sebagai hamba Allah harus selalu berbaik sangka terhadap setiap ketentuan yang diberikan-Nya.

    ReplyDelete
  16. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Bertindak dengan landasan adalah hal yang utama dilakukan karena langkah kita akan terarah dan sesuai tujuan. Namun, ternyata memang manusia itu tidak bisa menggapai lengkap, maka sesekali akan muncul anti-foundationalisme yaitu bertindak tanpa landasan. Dalam hal ini mungkin saja seseorang mampu menyelesaikan masalah tanpa landasan karena manusia memiliki intuisi. Seperti pada penyelesaian permasalahan matematika, seorang siswa bisa saja menyelesaikan permasalahan tanpa tahu landasan definisi di matematika, namun siswa tersebut memiliki intuisi untuk melakukan langkah yang benar.

    ReplyDelete
  17. Junianto
    17709251065
    PM C

    Intuisi merupakan salah satu kelebihan manusia yang diberikan oleh Tuhan. Seperti yang disebut Prof bahwa intuisi tidak membutuhkan sebab karena terjadi begitu saja. Ini juga menunjukkan salah satu kuasa Tuhan. Manusia juga bisa menilai baik buruk sesuatu juga karena adanya intuisi. Intuisi juga membedakan manusia dengan robot yang mau diperintah sesuai keinginan pembuatnya. Maka tidak ada alasan manusia untuk tidak bersyukur kepada Tuhan karena anugerahnya dan tidak ada satupun buatan manusia yang bisa menggantikan buatan Tuhan, bahkan robot sekalipun.

    ReplyDelete
  18. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Anti-Foundationalisme atau yang sering diartikan dengan tidak berlandasan. Bukankah segala sesuatu mempunyai landasan sebab akibat?. Namun dalam filsafat bisa jadi itu tidak terjadi, karena filsafat adalah diri sendiri. Jika sesuatu terjadi dan kita tidak tau apa akibatnya, atau kita tidak mampu mencapai suatu kejelasan kenapa hal tersebut terjadi maka dapat dikatakan sesuatu itu tidak memiliki sebab. Karena ketidakmampuan menjelaskan tersebut.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  19. Kita sebagai manusia terkadang harus bersikap “anti-foundationalisme”, seperti yang bapak terangkan di atas tentang “tidak percaya hokum sebab-akibat” jika kita melihat kehidupan ini banyak sekali “akibat” yang kita tidak mengetahui “sebab”nya yang mana hal itu adalah kuasa Allah SWT, jadi manusia tidak perlu mencari-cari sebabnya.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  20. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Foundationalisme merupakan suatu pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Foundationalisme dalam matematika adalah filsafat matematika yang membangun sistem matematika berdasar pondamen. Kaum foundationalisme menentukan dasar-dasar pondasi dari matematika, sedangkan kaum anti-foundationalisme tidak menentukan dasar-dasar, mereka lebih menggunakan intuisi yang mereka miliki.

    ReplyDelete
  21. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Mengenai postingan Prof Marsigit kali ini saya tertarik untuk menanyakan anti-foundationalisme dalam beragama. Bebarapa bahkan banyak orang yang menganut suatu agama tanpa landasan, mereka menganut agama yang merupakan "warisan" dari kedua orang tua. Banyak bayi yang lahir dari pasangan penganut agama Islam lantas menganut agama Islam pula. Namun banyak kasus pula seseorang yang menganut agama Islam kemudian mempelajari suatu disiplin ilmu mengenai agama-agama yang lantas menyebabkan mereka ragu dan akhirnya berpaling, pun sebaliknya banyak pula kasus orang-orang non Islam lantas masuk Islam di usia yang udzur karena ketertarikan mereka terhadap Islam atau keraguan-keraguan dalam agama mereka dapat mereka temukan jawabannya pada Islam. Bagaimanakah menanggapi hal tersebut?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  22. Vidiya Rachmawati
    17709251019

    Instuisi tidak dapat dijelaskan definisibya jarena intuisi diperoleh secara tidak sadar. Akibat dari pengalaman yang menyisakan memori. Memori ini tersimpan dengan baik maka sewaktu-waktu dapat muncul kembali. Pada artikel di atas disebutkan intuisi dua satu yang menyebabkan kita masih mengingat kejadian masa lalu meskipun kita sedang mengalami kejadian sekarang. Intuisi dua satu ini penting untuk pembelajaran kaitannya dengan materi yang sedang dipelajari dengan prior knowledge yang dimiliki siswa. Siswa dengan prior knowledge yang bagus, kemungkinannya mengalami kesulitan memperlajari materi sekarang lebih kecil dibandingkan dengan siswa dengan prior knowledge yang kurang bagus.

    ReplyDelete
  23. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Anti-Foundationalisme jenisnya sangat banyak sekali. Di matematika sendiri bentuknya sangat banya. Diantaranya aksioma, definisi,, intuisi dan yang lain. Intuisi adalah perkiraan kita atau insting kita akan suatu hal. Intuisi dua satu adalah intuisi yang kadang sadar dan tidak sadar. Ini perlu dimiliki karena akan membantu dalam kita menjalani hidp. Ada beberapa hal yang memang harus kita lupa tapi juga ada beberapa hal yang harus kita ingat, maka butuh keseimbangan.

    ReplyDelete
  24. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Anti-foundationalisme spiritual adalah mempercayai Tuhan tanpa perlu memberi alasan. Anti-foundationalisme doa adalah terus berdoa di dalam hatimu. Itu contoh dari anti-foundationalisme yang memang baru saya dengar dan baru saya dapat ilmunya setelah membaca postingan ini. Dan intuisi yang sangat penting diterapkan di dunia nyata. Intuisi bagi saya itu muncul mengalir begitu saja. Benar kata bapak, ketika membaca halaman B, maka halaman A masih teringat. Bahkan ingat sampai dihalaman terakhir. Karena otak manusia terdiri dari banyak sel. Dan benar jika tidak memiliki intuisi maka kualitasnya hidup lebih rendah dari robot. Padahal manusia itu jauh lebih sempurna dari robot. Bisa dibayangkan jika manusia tidak punya intuisi akan menjadi seperti apa kehidupan ini?

    ReplyDelete
  25. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Model berfikir sebab akibat membuat diri kita sadar bahwa setiap aktivitas kita akan memberikan akibat di kemudian hari. Model berfikir sebab akibat membuat diri kita sadar bahwa setiap kejadian menimpa kita merupakan balasan dari sebab yang pernah kita lakukan di masa lampau. Dengan model berfikir seperti ini, maka kita bias menjadi pribadi yang lebih bijak dalam bertindak, karena apa yang kita tanam pasti akan kita tuai.

    ReplyDelete
  26. Sunggu hebat kuasa Allah SWT yang membuat manusia mempunyai intuisi dua satu. Yang membuat manusia masih mengingat dan menyadari hal-hal yang telah dilakukan sebelumnya. Marilah kita panjatkan Puji dan Syukur kita kepada Allah SWT yang Maha Besar menciptakan kita seperti ini.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  27. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    membaca judul tulisan di atas "Anti-foundationalisme" memberika tanda tanya besar dalam fikiran saya bapak karena saya sungguh belum memahami makna Anti-foundationalisme. dan alhamdulillah dengan usaha searcing google dan membaca tulisan bapak menambah kosa kata dan makna "Anti-foundationalisme". membahas "Anti-foundationalisme" memberikan informasi bahwa tidak semua hal memiliki fondasi yang mutlak dan ada pula hal yang dirasakan akibatnya namun tidak diketahui sebabnya dan hal itu dapat diterima-terima saja oleh nalar, karena Allah SWT juga menciptakan cinta dan intuisi yang ada pada manusia, Terima Kasih.

    ReplyDelete
  28. Yolpin Durahim
    17709251029
    Pps. P. Mat B 2017

    Menurut KBBI intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui dan memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajar, Bisikan hati atau gerak hati. Kemarin, kami baru mendapatkan materi kuliah psikologi pembelajaran tentang kecerdasan intuitif. Mislanya ada seoraang anak yang menjawab secara spontan seperti tanpa dipikir, Namun respon yang sangat cepat belum tentu selalu benar. Betapa pentingnya seorang guru memahami kecerdasan intuitif siswa untuk menciptakan keefektifan belajar, harus memikirkan strategi dan pengelolaan kelas yang tepat. Terima kasih prof, sebab saya baru pertama kali memahami kecerdasan intuitif dua satu

    ReplyDelete
  29. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah.
    Terimakasih prof. Marsigit atas tulisan di atas. Sebenarnya sulit bagi saya untuk memahami perbincangan di atas. Hanya mungkin yang dapat saya tangkap adalah tentang anti foundationalisme pikiran yakni berpikir tanpa awalan. Berpikir tanpa ada hal yang mendasari atau tanpa ada pengetahuan yang dimiliki sebelumnya menjadikan hasil pikiran kita menjadi tidak dapat dipercaya atau meragukan. Akibatnya adalah bias konfirmasi akan terjadi dan problem solving serta pengambilan keputusan yang kita tetap kan menjadi keliru. itulah yang dinamakan intuisi. Dimana intuisi adalah kegiatan berpikir non analitik yang tidak mendasarkan diri kepada pola berfikitr tertentu hanya berdasarkan nurani atau gerak hati. Sehingga asah lah intiutif dua satu kita selama kita hidup. Karena segala yang akan kita lakukan di depan perlu didasari atas pengetahuan dan pengalaman kita sebelumnya.

    ReplyDelete
  30. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Antifoundalisme dan intuitionisme merupakan dua kata yang menjadi perhatian saya pada postingan ini. Karena keduanya hampir mempunyai makna yang sama yaitu akibat tanpa sebab. Seorang ilmuan atau peneliti saya rasa kurang tepat jika memiliki sifat antifoundalisme dan intutionisme saja. Karena seorang peneliti atau ilmuan harus bisa memperlihatkan bukti-bukti mendasar yang memperkuat hasil penelitiannya tersebut. Jika tidak memeliki dasar atau awalan maka hasil penelitian tersebut dapat diragukan kebenerannya.

    ReplyDelete
  31. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Yang dapat saya tangkap dari postingan bapak diatas yaitu bahwa anti foundationalisme tidak selalu menjadi hal yang buruk, contohnya anti foundationalisme yang percaya dengan Tuhan tanpa alasan dan senantiasa berdoa dalam hati. Begitu pula jika dihadapkan pada suatu kenyataan tanpa sebab, disaat kita tidak tahu kenapa suatu hal terjadi, itu bukanlah hal yang buruk. Yang perlu kita lakukan apabila hal tersebut terjadi adalah cukup percaya bahwa itu kuasa Tuhan. Jawaban dari sebab yang belum ditemukan tersebut adalah itu "kuasa Tuhan". Maka semoga kita termasuk dalam golongan yang senantiasa percaya akan kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  32. Nurika Miftahuljannah
    17709251060
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    Assalamu'alaikum wr. Wb.
    Anti -foundationalisme berarti melakukan sesuatu tanpa sebab dan alasan. Meskipun demikian, terkadang anti-foundationalisme juga kita gunakan dalam kehidupan karena keterbatasan olah pikir manusia. Manusia adalah tempatnya foundationalisme dan anti-foundationalisme, sedangkan foundationalisme pada hakikatnya mutlak hanya milik Allah SWT. Wallahu alam.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  33. Tari Indriani
    PEP S2 B
    17701251027

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Semua yang terjadi karena ada sebab dan akibatnya. Bahkan, sebagai muslim mengapa kita bisa hidup di muka bumi ini juga ada sebabnya yang tertulis jelas dalam Al-Qur'an. Apalagi intuisi, meski timbul tiba-tiba, tetap saja ada yang menggerakkan kita untuk berintuisi yaitu ALLAH SWT. Selain itu, sebuah kata tercipta karna ada alasan dibaliknya. Contoh saja sebuah nama, nama A, B, C, dan D tercipta karena ada alasan dibaliknya yaitu ruang dan waktu. Dapat disimpulkan, bahwa hidup harus punya landasan agar kita tau kemana kita akan berpijak setelahnya.

    ReplyDelete
  34. Gamarina Isti Ratnasari
    Pendidikan Matematika Kelas B (Pasca)
    17709251036

    Anti foundationalisme adalah tidak berlandaskan, sulit mencari landasannya atau tidak diakui landasannya., Contohnya adalah anti foundationalisme kenyataan adalah tidak menggunakan hukum sebab-akibat, antifoundationalisme hukum hukum adalah menggunakan hukum kebiasaan, dan antifoundationalisme matematika adalah tidak menggunakan definisi. Antifoundationalisme pada matematika bermacam-macam yaitu intuitionisme, pragmatisme, strukturalisme, realisme, realistics mathematics, matematika sekolah, primary mathematics, fallibistic mathematics, hermeneutical mathematics, horizontal mathematics, concret mathematic, socio-cultural based mathematics, beyond-mind mathematics, heterogonomous mathematics, progressive mathematics, interactive mathematics, hands-on mathematics, inductive mathematics, younger mathematics, aristotelian mathematics. Namun foundationalisme matematika adalah axiomatic mathematics, deductive mathematics, formal mathematics, abstract mathematics, adult mathematics, rigorous mathematics, university mathematics, dan atau pure mathematics.

    ReplyDelete
  35. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Anti foundationalisme spiritual adalah percaya Tuhan tanpa memberi alasan. Karena percaya pada Tuhan merupakan keimanan. Ada banyak sebab yang manusia tidak tahu, namun hanya Tuhan yang tahu. Manusia diberi keterbatasan indera dan pengetahuan. Jika manusia tidak memiliki batasan, maka manusia malah tidak nyaman hidupnya.

    ReplyDelete
  36. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Sebaik-baik bertindak tentu yang berlandasan, mengetahui hubungan sebab-akibat, Niat yang baik untuk melakukan sesuatu bisa saja hasilnya menjadi kurang baik ketika kita melakukannya tanpa landasan yang benar, hasilnya kurang optimal jika kita melakukannya tidak sesuai dengan yang semestinya. Misalnya dalam mengerjakan permasalahan matematika, kita harus mengacu pada landasan-landasannya, seperti teorema dan aksioma matematika. Landasan-landasan tersebut akan membuat kita melakukan langkah-langkah yang tepat.

    ReplyDelete
  37. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Anti-Foundationalisme (tidak berlandasan) dalam konteks umum, mungkin bermakna negatif dan merupakan sesuatu yang tidak semestinya, namun dalam konteks filsafat matematika anti-foundationalisme memiliki peran tersendiri misalnya terhadap intuisi seseorang terutama intuisi dua satu. Intuisi dua satu memegang peran penting dalam menentukan kualitas hidup kita sebab hampir semua kegiatan kita melibatkan jasa dari intuisi dua satu.

    ReplyDelete
  38. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dalam kamus Oxford, intuisi didefinisikan sebagai “The ability to understand something instinctively, without the need for conscious reasoning.” Intuisi adalah kemampuan untuk memahami sesuatu secara naluriah, tanpa membutuhkan rasionalisasi sadar. Intuisi disebut tidak berlandaskan karena untuk memunculkannya dalam pikiran tidak perlu suatu ilmu atau pengetahuan yang jelas. Tau-tau sudah terpikirkan, feeling-feelingnya begitu, pokoknya begitu. Namun kepercayaan kita terhadap agama yang kita anut akan membawa kita kepada anti fondasionalisme yang paling utama. Apakah kita memiliki bukti otentik tentang keberadaan dan rupa Tuhan? Inilah bukti bahwa level spiritual sesungguhnya tidak dapat disentuh oleh pemikiran manusia.

    ReplyDelete
  39. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Dalam artikel yang berjudul "Anti Foundalisme" diatas, saya tertarik dengan intuisi dua satu. Dijelaskan bahwa intuisi dua satu,adalah sebagian ingatan yang terlintas didepan sebelum kita menengok dibelakang. Dalam struktur kognitif, Intuisi dua satu bisa disejajarkan dengan short term memory atau memori jangka pendek. Memori jangka pendek bersifat terbatas baik dalam kapasitas maupun durasi. Informasi akan hilang dalam waktu 20-30 detik jika tidak diulang-ulang. Short Term Memory dibutuhkan ketika kita menyelesaikan sebagian besar tugas-tugas kognitif yang mencerminkan peran penting STM sebagai sebuah memori kerja (working memory) yang menjaga dan memanipulasi informasi.

    ReplyDelete
  40. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017
    Assalamualaikum, wr.wb
    Pikiran manusia dapat dibedakan menjadi dua yaitu pikiran yang berlandaskan (Fondationalisme) dan pikiran yang tidak berlandaskan (Anti-Fondationalisme). Pikiran yang berlandaskan itu contohnya adalah kita bertanya dan karena bertanya adalah awal dari ilmu maka pikiran yang berlandaskan sangat penting bagi kita. Setelah membaca artikel ini, saya menjadi mengetahui bahwasanya pikiran yang tidak berlandaskan pun penting bagi kita, seperti contohnya tadi adalah intuisi dua satu. Intuisi ini sangatlah penting bagi kita karena semua kegiatan sehari-hari termasuk belajar (membaca, menulis, menghitung, dan lain-lain) bisa terjadi karena intuisi ini. Oleh karena itu kita tidak boleh melupakan pikiran yang tidak berlandaskan ini, karena hidup merupakan interaksi tesis dan anti tesisnya maka sebaiknya kita juga menyeimbangkan antara yang pikiran yang berlandaskan (Fondationalisme) dan pikiran yang tidak berlandaskan (Anti-Fondationalisme). Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum,wr.wb.

    ReplyDelete
  41. indah purnama sari
    17701251035
    pep b

    saya baru sadar jika ternyata instuisi itu penting sekali ada dalam diri kita. karena jika kita tidak punya instuisi artinya hati kita akan kacau seperti robot tidak dapat perasaan. dan jika hati kacau maka celakalah kita.

    ReplyDelete
  42. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof, dari artikel diatas kita dapat memahami pentingnya intuisi dua satu. Dalam menerima sesuai kita juga harus mempunyai landasan yang kuat. Kebanyakn orang tersesat karena menerima suatu hal tidak dengan landasan yang kuta melainkan karena sesuatu tersebut adalah warisan dari orang-orang terdahulu dansudah merupakan budaya secara turun temurun.

    ReplyDelete
  43. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Anti Foundationalisme, awalnya saya pikir antifoundationalisme itu adalah hal yang buruk. Itu karena anti foundationalisme adalah sesuatu yang dilakukan tanpa landasan yang jelas. Namun setelah membaca tulisan bapak, saya sadar ternyata anti foundationalisme tidak selamanya memilki konotasi negatif, bahkan setiap manusia itu mengalami anti foundationalisme. Manusia tidak selamanya mengeatahui sebuah sebab dari akibat yang dirasakan. Terimakasih.

    ReplyDelete
  44. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Anti foundationalisme menurut postingan ini ialah tidak berlandasan, tidak terlihat landasannya, tidak disadari landasànnya, dan tidak diakui landasannya. Matematika juga dapat dibedakan menjadi matematika yang anti foundationalisme dan matematika yang foundationalisme. Matematika anti foundationalisme artinya matematika yang tidak menggunakan definsi begitu sebaliknya matematika foundationalisme. Matematika yang termasuk dalam golongan matematika anti foundationalisme antara lain yaitu intuitionisme, pragmatisme, strukturalisme, realisme, realistics mathematics, dan matematika sekolah. Sedangkan matematika foundationalisme contohnya antara lain axiomatic mathematics, deductive mathematics, formal mathematics, abstract mathematics, adult mathematics, university mathematics, dan pure mathematics. Dari penggolongan tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa matematika untuk anak-anak atau untuk sekoleh dasar adalah matematika anti foundationalisme sedangkan matematika untuk orang dewasa adalah matematika foundationalisme.

    ReplyDelete
  45. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Seperti yang Pak Marsigit pernah sampaikan, manusia itu sempurna dalam ketidak sempurnaan, dan tidak sempuna didalam kesempurnaan. Manusia itu anti-fuondationalisme bisa tahu ada akibat, tetapi tidak mengetahui sebabnya. Tetapi manusia juga tahu bahwa setiap akibat itu pasti ada sebabnya. Intuisi dua satu adalah salah satu anugerah yang dimiliki manusia. Sebagi contoh kita masih bisa mengendarai sebuah motor dan tidak jatuh walupun secara sekilas kita melihat kaca sepion.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  46. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Maka ternyata tidak semua yang ada dalam hidup ini harus berlandaskan. Banyak hal yang ada didalam diri kita, yang ada disekitar kita justru tidak memiliki landasan, anti-foundationalisme. Salah satunya adalah intuisi. Kita dapat merasakan rasa sayang, rasa benci, tetapi kita tidak dapat menjelaskan mengapa kita sayang, mengapa kita benci. Ada pula intuisi dua satu yang ternyata juga sangat bermanfaat bagi manusia. Tanpa intuisi dua satu kita tidak dapat melakukan berbagai aktifitas dengan baik. Dengan memiliki intuisi dua satu kita ketika membaca kita dapat mengingat apa yang sebelumnya kita baca, dan menyadari apa yang sedang kita baca itulah intuisi dua satu. Maka kita harus mensyukuri nikmat intuisi yang kita miliki karena tanpanya bahkan kita lebih rendah dari robot.

    ReplyDelete
  47. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs P.Mat C

    Assalamu'alaikum wr wb

    hal pertama yang terlintas dalam pikiran saya saat membaca judul "anti-foundationalisme" adalah tidak memiliki landasan/dasar, merupakan sesuatu hal yang negatif. namun setelah membaca seluruhnya, ternyata tidak semua anti-foundationalisme itu negatif,

    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  48. Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    Tidak semua yang ada dibumi ini belandasan
    Karena tidak bisa dijelaskan dengan logika, seperti foundalisme pikiran hmmm berfikir tanpa awalan
    Benar2 menarik, berfikir tanpa awalan namun mampu mencari jalan keluar. Pikiran dan doa hmmmm menyenangkan 😃

    ReplyDelete
  49. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Anti foundalisme, dari tulisan diatas ternyata memang ada suatu hal yang mungkin ada, namun tidak memiliki fondasi, sesuatu hal yang disebut intuisi, insting yang mungkin ada ketika kita mengalami suatu permaslahan.

    ReplyDelete
  50. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Rangkaian rutinitas kita dalam kehidupan bersandar pada intuisi dua satu. Penggabungan setengah sadar dan setengah ingat membuat kita dapat melakukan berbagai aktivitas. Aktivitas yang kita lakukan akan mampu mencapai harmoni apabila kita menggunakan landasan dalam bertindak dan berfikir. Dengan adanya landasan membuat kita terbiasa bersikap dengan mempertimbangkan sesuatu yang ada dan yang mungkin ada baik sebelum maupun sesudahnya sehingga kita tumbuh menjadi pribadi yang kritis dan cerdas.

    ReplyDelete
  51. Insan A N/PPs Pm C 2017
    Membaca tulisan tersebut mengingatkan bahwa dunia ini selalu memiliki anti-foundalisme, nahkan ada rumah yang pny anti foundalisme. RUmah tenda, rumah warung PKL. Di dunia pendidikan juga ada anti foundalismenya, fondalisme belajar adalah minat, ada anti-fondalismenya belajar, yaitu tidak minat, abai, tidak tertarik.

    ReplyDelete
  52. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Anti-foundalisme itu adalah bagian yang tidak berlandasan dari suatu objek, atau landasannya sulit dicari, tidak terlihat , tidak disadari, dan tidak diakuinlandasannya. Contoh dalam matematika ialah: matematika murni atau matematika formlal itu berlandasan, ada definisinya, teorinya, rumus-rumusnya. Sedangkan anti-foundationalismenya adalah matematika intusis atau matematika anak kecil yang tidak memerlukan definisi atau landasan, melainkan serangkaian kegiatan dari anak itu sendiri.
    Contoh lain ialah kepercayaan seseorang, kepercayaan seorang bos kepada karyawannya berlandaskan kinerja si karyawan selam di kantor, sikap dan perilakunya terutama di depan bos. Sedangkan kepercayaan seorang hamba kepada tuhannya itu tanpa landasan, tak memerlukan bukti fisual, audio, dan lainnya yang ditangkap panca indera. Cukup dengan menyadari nikmat dan kuasanya maka kita dapat percaya bahwa tuhan itu ada dan maha segalanya.

    ReplyDelete
  53. Metia Novianti
    17709251021
    P.Mat A S2 2017

    Anti-Foundationalisme dapat terjadi dalam berbagai hal. Baik dalam kenyataan, pikiran, hukum bahkan dalam matematika. Anti-Foundationalisme dapat diartikan sebagai tidak berlandasan, sulit dicari landasannya, tidak terlihat landasannya, tidak disadari landasànnya, tidak diakui landasannya, dst. Anti-Foundationalisme bisa berbahaya apabila terjadi tidak sesuai ruang dan waktu. Namun, Anti-Foundationalisme dapat juga membantu kita dalam bertindak, seperti pada intuisi. Jadi, kita harus bisa menempatkan Anti-Foundationalisme sesuai ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  54. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Anti-foundationalisme merupakan suatu pandangan yang menyatakan bahwa hidup tidak memiliki landasan atau dasar yang kuat terhadap tujuan hidup, baik yang berupa perbuatan maupun dalam pengucapan atau berbahasa. Orang yang memiliki pandangan seperti ini maka setiap aktivitas yang dilakukannya tidak akan berjalan secara maksimal, bahkan akan sulit untuk mencapai apa yang diharapkannya. Sikaf ini menggambarkan bahwa apa yang akan dilakukan tidak berawal dari rencana dengan kata lain berjalan secara spontanitas saja.

    ReplyDelete
  55. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Landasan merupakan suatu kebutuhan. Jika sesuatu tidak berlandasan maka sesuatu itu tidak jelas keberadaannya. Namun perlu diingat segala sesuatu itu selalu berlandasan, hanya saja terkadang manusia tidak ingin melihat landasan tersebut. Sehingga sering disebut tidak berlandasan. Landasan itu bisa berdasarkan hal yang baik maupun hal yang buruk tergantung manusia memilih yang mana.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  56. Junianto
    PM C
    17709251065

    Anti-foundationalisme berarti segala sesuatu yang tanpa fondamen/ landasan/ dasar. Saya mencoba memeberikan komentar berkaitan anti-foundationalisme dalam matematika. Dijelaskan bahwa anti-foundationalisme dalam matematika adalah tidak menggunakan definisi. Hal ini menunjukkan bahwa defini merupakan landasar dalam matematika. Definisi berkaitan dengan apa yang akan kita pelajari, jadi benar bahwa belajar tanpa mengetahui definisinya terlebih dahulu merupakan anti-foundationalisme.

    ReplyDelete
  57. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Kerancuan epistemologis pada Kant adalah analisisnya tentang predikasi dan sinteskpada akhirnya, Rorty menilai bahwa karena kegagalan dari fondasionalisme tersebut, maka kematian epistemoloa tidak bisa dihindarkan, dan perlu adanya kaji ulang terhadap peran dan fungsi filsafat. Gerakan perpindahan dari fondasionalisme menuju anti-fondasionalisme, dari teori besar (grand theory) menuju teori yang spesifik, dari sesuatu yang universal menuju ke sesuatu yang sebagian dan lokal, dari kebenaran yang tunggal menuju ke kebenaran yang beragam.

    ReplyDelete
  58. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Foundationalism menyangkut teori-teori filosofis tentang pengetahuan yang didasarkan pada keyakinan yang telah dibenarkan, atau beberapa landasan keyakinan yang pasti seperti kesimpulan yang disimpulkan dari dasar tempat yang tepat. Adanya foundationalisme maka ada kontradiksinya yaitu anti-foundationalisme. Seperti yang disebutkan dalam bacaan ini, anti-foundationalisme memiliki anyak arti. Yang pada dasarnya anti-foundationalisme tersebut adalah sebuah pandangan bahwa tidak semua hal memiliki dasar yang jelas karena suatu hal. Misalkan dalam matematika, anti-foundationalisme dikaitkan dengan matematika intuisi yang sering kali digunaka oleh anak dalam bermatematika, tanpa memerlukan definisi. Karena bagi anak, matematika adalah aktifitas yang mereka lakukan dan itu berdasarkan pengalamannya.

    ReplyDelete
  59. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Jika kita membuat sesuatu atau mengikuti apa yang dilakukan orang lain namun tidak memiliki dasar yang baik, maka hal tersebut akan mudah sekali diragukan. Karena zaman sekarang ini jika tidak memiliki landasan yang kokoh maka akan mudah sekali tergoyahkan jika memiliki atau mengetahui ilmu yang baru dipakai. Jadi menurut pribadi saya anti founationalisme disini memberikan dampak pada kepercayaan diri untuk memiliki acuan atau dasar dari yang dilakukan.
    TAMMA BIHADILLAH

    ReplyDelete
  60. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Anti-foundationalisme merupakan kebalikan dari foundationalisme. Anti foundatonalisme adalah sebuah pandangan bahwa tidak semua hal memiliki landasan atau dasar yang jelas karena suatu hal. Misalkan dalam matematika, anti-foundationalisme dikaitkan dengan matematika intuisi yang sering kali digunakan oleh siswa dalam bermatematika karena mereka tidak memerlukan definisi. Bagi siswa matematika adalah aktifitas yang mereka lakukan dan berdasarkan pengalamannya.

    ReplyDelete
  61. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Dalam hidup kita memerlukan intuisi. Intuisi dua satu dapat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Dalam berkegiatan, berhubungan sosial, mencari ilmu dan melakukan membelajaran. intuisi dua satu memfasilitasi kita dan mempermudah dalam pembelajaran. Intuisi dua satu merupakan salah satu wujud anti-foundalisme yang berguna untuk kehidupan kita.

    ReplyDelete
  62. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Jika foundationalism artinya yang berlandaskan, maka anti-foundationalisme artinya yang tidak berlanjaskan. Salah satu hal yang tidak berlandaskan adalah intuisi. Yaitu yang ketika ditanya mengapa kita tidak tahu. Tetapi meskipun tidak berlandaskan intuisi merupakan hal penting. Intuisi matematika membantu seorang siswa untuk menyelesaikan soal pemecahan masalah dengan lebih tersetruktur. Intuisi juga membantu kita untuk menghipotesiskan sesuatu, sehingga kita dapat mempersiapkan sesuai dengan hipotesa kita.

    ReplyDelete
  63. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Lawannya fondasionalism adalah antifonasionalism. Salah satu bentuk antifondasionalism adalah intuisi kita. Kita bisa merasakan berbagai macam perasaan seperti rindu, benci, atau marah itu merupakan bentuk antifondasionalism. Hal itu tidak diketahui dari mana asalnya dan kemana tujuannya. Begitulah intuisi.

    ReplyDelete
  64. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B

    Saya sebenarnya masih agak bingung dengan contoh-contoh anti-foundationalisme diatas. misalnya anti-foundationalisme matematika dalah tidak menggunakan definisi, sedangkan pure mathematics yang saya tahu itu juga menggunakan definisi. apakah ada yang terlewat oleh saya sehingga saya masih bingung.

    ReplyDelete
  65. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Foundalisme itu adalah filsafat mengenai dasar, atau pondamen. Anti-foundalisme berarti tidak mengakui adanya dasar atau pondamen. padahal dalam hidup itu butuh landasan yang kuat. Landasan yang kuat mengakibatkan bangunan itu kuat, tanpa adanay pondamen, suatu banguna dapat rubuh dengan mudah. Dalam bertindak ataupun berucap membutuhkan suatu pondamen yang kuat agar sesuai dengan ruang dan waktunya, sesuai dengan aturan, pondamen dari bertindak maupun berucap adalah ilmu, baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  66. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017
    ,
    anti-foundalisme adalah kebalikan dari foundalisme (memiliki landasan), seperti yang telah bapak bahas di postingan sebelumnya. anti-foundalisme dapat dicontohkan dengan intuisi, yakni kita dapat melakukan sesuatu tanpa benar-benar kita ketahui alasannya ataupun cara kerjanya. misalnya kita dapat mengedipkan mata, menarik nafas tanpa harus kita pikirkan secara sadar. intuisi merupakan kecerdasan otak yang dbuat oleh Allah SWT. intuisi ini dapat dibentuk dari berbagai pengalaman, seperti pribahasa mengatakan "ala bisa karena biasa". dengan demikian guru dapat membelajarkan siswanya dengan aktivitas agar intuisi siswa terbentuk.

    ReplyDelete
  67. M. Zainudin
    16701261019
    PEP
    intuisi diperlukan dalam memahami setiap makna

    ReplyDelete
  68. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Arti dari anti foundationalisme adalah tidak berlandasan, sulit divari landasannya, tidak terlihat landasannya, tidak disadari landasannya, tidak diakui landasannya dst. Contohnya anti landasan dalam kenyataan adalah tidak menggunakan hukum sebab akibat. Yaitu ketika tidak dapat menjelaskan sebabnya tapi dapat merasakan akibatnya. Banyak akibat dimana manusia tidak mengetahui sebabnya, karena semua itu merupakan Kuasa Tuhan. Dalam matematika anti foundationalisme salah satunya adalah intuisi. Salahsatunya adalah intuisi dua satu yaitu intuisi setengah sadar. Contohnya adalah ketika membaca buku kita masih bisa mengingat halaman yang sudah dibaca dan menyadari isi halaman yang sedang dibaca. Sehingga banyak sekali kegunaan dari intuisi dua satu misalnya membaca, berjalan, menulis, berbicara, berdoa dst.

    ReplyDelete
  69. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Anti-foundationalisme adalah tidak berlandasan, sulit dicari landasannya, tidak terlihat landasannya, tidak disadari landasànnya, tidak diakui landasannya, dsb. Contoh anti-foundationalisme yang menarik adalah anti-foundationalisme kenyataan adalah tidak menggunakan hukum sebab-akibat dan anti-foundationalisme matematika adalah tidak menggunakan definisi. Dalam anti-foundationalisme kenyataan, banyak akibat di mana manusia tidak mengetahuinya sebabnya, melainkan semata Kuasa Allah SWT.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  70. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Dari artikel di atas saya dapat belajar bahwa ternyata ada berbagai macam anti-foundationalisme yang ada, terutama di bidang matematika. Namun, demikian kita tetap berusaha membuat suatu pembuktian dalam matematika. Meskipun jika dalam kehidupan sehari-hari ada beberapa hal yang memang tidak kita sadari hubungan sebab akibatnya, namun seperti misalnya dalam keyakinan terhadap Sang Pencipta, yang berperan di sini adalah keimanan. Sehingga untuk ebberapa hal kita tidak harus selalu meyakini sesuatu hanya dengan apa yang bisa kita lihat, tapi dengan apa yang bisa kita rasakan. Salah satunya yaitu melalui intuisi, dan yang sering terjadi pada kita adalah intuisi dua-satu.

    ReplyDelete
  71. Febriana Putri Hutami
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241007
    Anti-foundationalisme itu artinya tidak berlandasan atau sulit dicari landasannya. Anti-foundationalisme dalam matematika itu bermacam-macam, salah satunya yaitu intuisi. Intuisi itu mengerti tanpa sebab. Ada intuisi dua arah, yang mana si pelaku intuisi dua arah itu setengah ingat setengah sadar. Contoh intuisi dua arah yang dapat ditemui antara lain, ketika kita mengerjakan penyelesaian matematika. Kita sudah menyelesaikan beberapa langkah matematika, namun kita masih ingat langkah pertamanya. Contoh lainnya ketika kita membaca buku, maka kita masih ingat isi pada halaman sebelumnya. Ini lah salah satu keuntungan kita memiliki intuisi.

    ReplyDelete
  72. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    Pendidikan Matematika A 2015/S1
    15301241046
    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Anti foundationalisme berarti sesuatu yang sulit kita cari landasannya. Salah satu anti foundalisme adalah intuisi. Pemahaman secara intuisi dapat diterima secara langsung tanpa memerlukan pertimbangan terlebih dahulu melalui proses formal maupun dukungan empiris. Sehingga untuk mengajarkan matematika pada anak kecil lebih baik secara intuitif, karena anak-anak biasanya melakukan kegiatan tapi tidak mengerti hakekat yang dikerjakan.

    ReplyDelete
  73. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  74. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Anti foundatiolisme diartikan sebagai tidak berlandasan. Anti foundatiolisme juga dapat ditemui dalam matematika, salah satunya adalah intuisi. Intuisi itu ketika kita mengerti tanpa sebab. Misalnya, kangen, rindu, cinta. Kita mengerti dan memahami perasaan-perasaan tersebut. Tetapi kita tidak dapat mendefinisikan apa itu kangen, rindu, cinta. Intuisi ini biasanya yang digunakan oleh anak-anak dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  75. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  76. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  77. Puspitarani
    15301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    Terima kasih Bapak atas artikel yang sudah Bapak share kepada kami. Anti-foundatiolisme artinya tidak berlandasan, sulit dicari landasannya, tidak terlihat landasannya, tidak disadari landasànnya, tidak diakui landasannya, dan sebagainya. Anti-foundationalisme kenyataan adalah tidak menggunakan hukum sebab-akibat. Anti-foundationalisme hukum hukum adalah menggunakan hukum kebiasaan. Anti-foundationalisme matematika adalah tidak menggunakan definisi. Anti-foundalisme pikiran adalah berpikir tanpa awalan. Anti-foundationalisme spirirual adalah mempercayai Tuhan tanpa perlu memberi alasan. Anti-foundalisme doa adalah terus berdoa di dalam hatimu.
    Intuisi artinya adalah mengerti tanpa sebab, sehingga intuisi itu tidak perlu dan tidak dapat didefinisikan. Intuisi dua-satu artinya setengah ingat setengah sadar. contoh intuisi : cinta, sayang, rindu dan sebagainya.
    Dalam hidup kita memerlukan intuisi. Intuisi dua satu dapat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Dalam berkegiatan, berhubungan sosial, mencari ilmu dan melakukan membelajaran. intuisi dua satu memfasilitasi kita dan mempermudah dalam pembelajaran. Intuisi dua satu merupakan salah satu wujud anti-foundalisme yang berguna untuk kehidupan kita

    ReplyDelete
  78. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Anti foundationalisme diartikan sebagai sesuatu yang tidak memiliki landasan atau dasar. Salah satu contoh anti foundationalisme yaitu intuisi yang diarikan sebagai mengetahui suatu hal tanpa sebab. Contoh dari intuisi yaitu Panjang, lebar, waktu, ukuran, kasih saying, rindu, dan cinta. Contoh intuisi dalam matematika yaitu ketika berhadapan dengan suatu persoalan atau masalah matematika kita serta merta mengetahui jawabannya tetapi tidak tahu menahu dari mana jawaban itu berasal. Intuisi hamper sama dengan kepekaan. Jika kita peka terhadap suatu hal maka kita bias dengan mudah mengatasi hal tersebut.

    ReplyDelete
  79. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Anti foundalisme adalah tidak berlandaskan dan tidak diketahui landasannya.contoh anti foundalisme dalam kenyataan adalah tidak menggunakan hukum sebab akibat. Contoh anti faoundalisme dalam matematika dalah dapat mengerjakan sesuatu hal tai tidak mengetahui definisinya misalnya intuisi. Intuisi adalah memeahmi sesuatu tanpa sebab. Misalnya kasih, sayang, rindu. Kata kata itu sering ditemui dimasyarakat dan memahami hal itu akan tetapi tidak dapat didefinisikan. Intuisi yang ada dimasyarakat yaitu intuisi dua satu.

    ReplyDelete
  80. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Anti foundalisme, merupakan sesuatu tanpa landasan, tidak terlihat landasannya, tidak disadari landasànnya, tidak diakui landasannya. Dari artikel ini saya menjadi tahu bahwa banyak contoh hal yang tidak berlandaskan dalam kehidupan, contohnya intuisi. Intuisi yang bersifat relatif tidak memiliki landasan yang jelas. Sesuatu yang "bagus" menurut A bisa jadi “jelek” menurut B, karena landasan yang digunakan A merupakan landasan yang tidak diakui oleh si B, begitu pula sebaliknya. Sehingga definisi “bagus” dan “jelek” dari A dan B ini tidak memiliki landasan yang jelas atau landasan yang diakui.

    ReplyDelete
  81. Julialita Muhariani
    15301241004
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Anti-foundationalisme artinya tidak ada landasan atau tidak didasari landasan. Saya tertarik dengan salah satu contoh dari anti-foundationalisme yaitu anti- foundationalisme spiritual adalah mempercayai Tuhan tanpa perlu memberi alasan. Sebagai contoh ialah kisah Nabi Ibrahim as yang masih anak-anak mencari tuhan-Nya dalam rangka mempertebal keyakinannya terhadap Allah swt. Nabi Ibrahim as ingin menemukan keberadaan Allah yang berkali-kali gagal saat mengira Allah itu adalah bintang, bulan, dan matahari. Namun, setelah berdoa kepada Allah akhirnya Nabi Ibrahim as ditunjukkan bahwa Allah bisa menghidupkan burung yang sudah mati, yang tidak bisa dilakukan oleh dirinya. Sejak saat itu, Nabi Ibrahim as menjadi manusia yang taat kepada Allah. Intinya adalah kita tidak perlu meragukan Allah dengan mencari-cari alasan mengapa Saya harus seperti ini, seperti itu, dan sebagainya. Yang perlu kita lakukan adalah percaya kepada-Nya tanpa menanyakan alasan dibalik semua hal yang terjadi di dunia ini karena semuanya terjadi atas kehendak Allah swt.

    ReplyDelete
  82. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Anti foundalisme merupakah suatu hal yang tidak didasari oleh landasan. Salah satu contohnya berupa anti foundalisme kenyataan yaitu tidak menggunakan hukum sebab akibat. Ada juga anti foundalisme matematika, misalnya intuitionisme, pragmatisme, strukturalisme, dan masih banyak lagi.

    Intuitionisme atau intuisi merupakan suatu hal yang terjadi tanpa sebab dan tidak dapat didefinisikan atau dijelaskan. Ada pula intuisi dua satu yang diartikan setengah ingat setengah sadar. Misalnya saja: kasih sayang, cinta, dan lain-lain. Intuisi dua satu sering terjadi di kehidupan kita dan jika tanpa intuisi tersebut kehidupan kita akan seperti bahkan lebih rendah dari robot. Kita memerlukan intuisi dua satu karena intuisi tersebut sering dipakai di kehidupan sehari hari kita.

    ReplyDelete
  83. Rina Musannadah
    15301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Anti-Foundationalisme diartikan sebagai sesuatu yang sulit dicari landasannya. Salah satu anti-foundationalisme dalam matematika adalah matematika intuitif. Intuisi, mengerti tanpa sebab. Intuisi tidak perlu dan tidak dapat didefinisikan.
    Matematika intuitif diperlukan untuk membelajarkan matematika pada anak-anak, karena pada usia anak-anak, mereka belajar matematika tanpa mengetahui definisi sebenarnya. Hal ini dilakukan agar anak-anak dapat mengerti dan memahami matematika melalui hal-hal nyata yang dialami oleh dirinya.

    ReplyDelete
  84. Siti Efiana
    15301241029
    S1- Pend.Mat I 2015

    Terima kasih atas artikelnya, Prof. Dalam artikel dijelaskan bahwa anti-foundationalisme ìtu : tidak berlandasan, sulit dicari landasannya, tidak terlihat landasannya, tidak disadari landasànnya, tidak diakui landasannya, dst. Dalam matematika, salah satu anti-foundationalisme adalah intuisi, yaitu mengerti tanpa sebab, intuisi ini diperoleh dari aktivitas dan pengalaman, misalkan saja kita mengerti apa itu panjang, besar, kecil, tapi terkadang bingung jika diminta untuk mendefinisikannya menggunakan kata-kata.

    ReplyDelete
  85. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Anti foundationalisme adalah sesuatu yang tidak mempunyai landasan ataupun sulit dicari landasannya. Banyak sekali contoh hal yang tidak berlandasan salah satunya adalah intuisi. Intuisi adalah memahami sesuatu tanpa sebab. Dengan intuisi, sesuatu tidak perlu didefinisikan, karena tanpa definisipun kita sudah mengerti. Seperti halnya untuk anak-anak, matematika seharusnya diajarkan secara intuitif. Anak-anak tidak memerlukan suatu definisi karena belum mampu menerima sesuatu yang abstrak. Matematika yang baik untuk anak adalah matematika yang dekat dengan kehidupannya.

    ReplyDelete
  86. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    Pendidikan Matematika I 2015

    Anti-foundationalisme merujuk pada sesuatu yang tidak memiliki landasan atau dasar. Intuisi merupakan salah satu contohnya. Intuisi yaitu mengerti mengenai sesuatu tanpa sebab. Dalam mpembelajaran siswa seringkali menyelesaikan persoalan dengan intuitif yaitu mereka mengerti dan tau jawaban dari suatu soal tapi tidak tahu bagaimana cara mencari nilai akhir teersebut.

    ReplyDelete
  87. Lisfiyati Mukarromah
    15301241042
    Pendidikan Matematika A 2015
    Program S1
    Anti foundationalisme dapat diartikan sebagai sesuatu yang tidak berlandasan, atau sulit dicari landasannya. Salah satu contoh anti-foundationalisme adalah intuisi. Hidup kita itu penuh dengan intuisi. Lapar, haus, cinta, benci, rindu, suka, sayang, semuanya adalan intuisi. Intuisi-intuisi tersebut sering kita rasakan tapi sangat sulit untuk didefinisikan bahkan sulit terkadang dicari apa penyebabnya. Intuisi inilah yang membedakan manusia dengan robot.
    Terimakasih .

    ReplyDelete
  88. Farisa Yunilasari
    15301341025
    S1-Pendidikan Matematika A 2015

    Landasan merupakan suatu kebutuhan. Jika sesuatu tidak berlandasan maka sesuatu itu tidak jelas keberadaannya. Tidak berlandaskan berarti anti-foundationalisme. Anti-foundationalisme merupakan suatu pandangan yang menyatakan bahwa hidup tidak memiliki landasan atau dasar yang kuat terhadap tujuan hidup, baik yang berupa perbuatan maupun dalam pengucapan atau berbahasa. Dijelaskan bahwa anti-foundationalisme dalam matematika adalah tidak menggunakan definisi. Hal ini menunjukkan bahwa defini merupakan landasan dalam matematika.

    ReplyDelete
  89. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Anti-foundalisme dapat diartikan sebagai tidak berlandasan. Selain itu, anti-foundalisme dapat diartikan sebagai bagian yang sulit dicari, tidak terlihat, tidak disadari, tidak diakui landasannya, dan sebagainya. Anti-foundalisme dapat terjadi dalam berbagai hal, seperti kenyataan, hukum, matematika, pikiran, dan lain-lain. anti-foundalisme dalam matematika adalah tidak menggunakan definisi. Dari yang saya ketahui, lebih baik dalam mengajarkan matematika tidak menggunakan definisi, tetapi dapat dikaitkan dengan hal konkret. Sehingga pantas saja anti-foundalisme matematika adalah tidak menggunakan definisi. Ada banyak sekali macam-macam dari anti-foundalisme matematika, yang telah dijabarkan yaitu intuitonisme. Dari artikel ini, saya mengerti bahwa intuisi dapat diartikan dengan mengerti tanpa sebab, tidak perlu dan tidak dapat didefinisikan. Intuisi seperti hal abstrak yang sudah tidak dapat dijabarkan lagi. Intuisi yang paling sering digunakan adalah intuisi dua satu/ two ones. Dengan adanya intuisi dua satu ini, manusia dapat mengingat, melihat, menyadari apa yang dilakukannya. Oleh karena itu, manusia erat kaitannya dengan intuisi dua satu. Jika tidak memiliki intuisi ini, seperti halnya robot, mengerjakan tanpa mengerti yang dikerjakan. Intuisi dua satu ini juga merupakan salah satu anti-foundalisme.

    ReplyDelete
  90. Isykarima Nur S
    15301241032
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Anti-Foundationalisme adalah sesuatu hal yang tidak memiliki dasar atau tidak berlandasan. Salah satu contohnya yaitu intuisi. Intuisi yaitu mengerti mengenai sesuatu tanpa sebab. Contohnya dalam matematika adalah pemberian rumus cepat saji tanpa tahu bagaimana rumus tersebut diperoleh. Sehingga siswa akan dapat menyelesaikan persoalan namun tanpa tahu konsep dari materi tersebut.

    ReplyDelete
  91. Rina Anggraeni
    15301241043
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Anti-foundationalisme : tidak berlandasan, sulit dicari landasannya, tidak terlihat landasannya, tidak disadari landasannya, tidak diakui landasannya, dan seterusnya. Anti-foundationalisme Matematika itu macam-macam : Intuitionisme, Pragmatisme, Strukturalisme, Realisme, Realistics Mathematics, Matematika Sekolah, Primary Mathematics, Fallibistic Mathematics, Hermeneutical Mathematics, Horizontal Mathematics, Concret Mathematic, Socio-cultural Based Mathematics, Beyond-mind Mathematics, Heterogonomous Mathematics, Progressive Mathematics, Interactive Mathematics, Hands-on Mathematics, Inductive Mathematics, Younger Mathematics, Aristotelian Mathematics, dan seterusnya. Dari sebab sebenar-benar foundationalisme mathematics adalah : Axiomatic Mathematics, Deductive Mathematics, Formal Mathematics, Abstract Mathematics, Adult Mathematics, Rigorous Mathematics, University Mathematics, dan atau Pure Mathematics. Anti-foundationalisme contohnya yaitu intuisi yang maksudnya adalah mengerti tanpa sebab. Intuisi tidak perlu atau tidak dapat didefinisikan, namun sebagian manusia dapat berpendapat tentang intuisi tersebut. Misalnya cinta, manusia tidak dapat mendefinisikan cinta karena cinta adalah intuisi, tetapi manusia bisa berpendapat tentang cinta berdasarkan pemikiran diri mereka masing-masing.

    ReplyDelete
  92. Amayda Ade Pramesti
    15301244012
    S1 Pend.Mat A 2015

    di kehidupan banyak hal yang tidak bisa dijelaskan secara definisi yang berarti itu adalah intuisi. Hal baru yang saya dapatkan dari postingan ini yaitu mengenai intuisi dua arah. Intuisi dua arah yang menyebabkan kita dapat melihat kanan - kiri dan mengingat hal yang sudah dilihat saat menghadap didepan walaupun sudah menghadap dibelakang. Terimkasih Prof atas ilmunya

    ReplyDelete
  93. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Anti foundationalisme dapat diartikan sebagai sesuatu yang tidak memiliki landasan, atau sulit dicari landasannya. Dalam hidup ini, banyak sekali hal yang tidak dapat dicari penyebabnya, namun dapat kita rasakan akibatnya. Misalnya ketika kita mengatakan sesuatu itu panjang, lebar, luas, tinggi, dsb begitu juga ketika kita merasa senang, sedih, suka, sayang, dsb. Seringkali kita tidak dapat menemukan landasan yang tepat yang mendasari perasaan serta pandangan kita. Hal-hal tersebut lah yang dikenal dengan intuisi.

    ReplyDelete
  94. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math 2018 A

    Setelah saya membaca tulisan ini, lagi-lagi ilmu saya bertambah awalnya saya mengira bahwa anti foundationalisme selalu berkonotasi negatif ayau tidak baik. Namun di tulisan bapak, saya menyadari bahwa intuisi itu sangat diperlukan pada manusia contohnya intuisi two ones (yang baru pertama kali saya dengar) definisinya begitu jelas hingga saya sadar bahwa intuisi itu harus ada dalam diri manusia jika kita tidak mempunyai intuisi seperti itu maka kemampuan kita dikatakan lebih rendah dari robot. Terimakasih pak atas definisi yang menarik ini.

    ReplyDelete
  95. Seftika Anggraini
    18709251016
    PPs Pend. Matematika A 2018

    Saya masih bertanya-bertanya mengenai pernyataan "Anti-foundalisme doa_ adalah terus berdoa di dalam hatimu". Lalu bagaimana doa yang sesungguhnya supaya tidak disebut dengan Anti-foundalisme doa?
    Intuisi dua satu merupakan intuisi yang diperlukan setiap manusia. Dengan intuisi dua satu, manusia sadar bahwa selain di depan masih ada di samping kanan, kiri dan di belakang yang tidak dapat diabaikan.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  96. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018

    Saat membaca judul, dibenak saya sudah terlintas hal-hal yang negative dengan arti anti-fundationalisme. Tetapi setelah membaca kebawah sampai end, saya mengetahui bahwa arti anti-fundationalisme matematika tidak mengetahui definisi yang mempunyai banyak macam-macamnya. Selain itu, saya mengetahui arti intuisi dua satu yang artinya setengah ingat dan setengah sadar yang jika tidak mempunyai intuisi dua satu termasuk manusia dengan kualitas hidup yang lebih rendah dari robot.

    ReplyDelete
  97. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Semakin saya membaca tentang intuisi dua satu semakin saya mengerti bahwa intuisi ini penting. Terutama untuk seorang pengajar. Dan ketika melihat kata antifondalisme, saya sempat berfikir ini adalah suatu pemahaman ekstrim. Tetapi,tidak seperti yang saya bayangkan. Contohnya antifoundalisme spiritual dan foundalisme beragama.

    ReplyDelete
  98. Bayuk Nusantara KR.J.T
    18701261006
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP)

    Saya setuju dengan kalimat intuisi itu mengerti tanpa sebab. Ketika kita memiliki intuisi terhadap suatu hal, kita tidak mengerti sebab apa yang menyebabkan intuisi kita mengatakan hal demikian. Intuisi dua satu juga sangat menarik bagi saya. Saya baru saja menyadari mengenai intuisi dua satu di dalam kehidupan kita. Terima kasih atas ilmu yang diberikan, prof.

    ReplyDelete
  99. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Intuisi merupakan salah satu karunia Tuhan yang diberikan kepada kita. Intuisi dua satu sangat penting dan patut kita syukuri, karena dengan intuisi dua satu, manusia dapat berkembang dan dapat menjalani kehidupan dengan lebih efektif.

    ReplyDelete
  100. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    PPS Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Awalnya anti-foundationalisme terdengar cukup membahayakan. Namun, setelah membaca penjelasan Pak Prof menjadi paham bahwa anti-foundationalisme tidak selalu membahayakan atau berarti negatif tetapi tergantung penempatannya. Anti-foundationalisme spiritual misalnya, memang harus dimiliki setiap manusia sebagai wujud keimanan dan ketaqwaan kita kepada Alloh SWT.
    Dalam matematika ada banyak anti-foundationalisme salah satunya intuisi. Setelah membaca postingan ini saya baru mengenal intuisi dua satu. Betapa luar biasa ciptaan Alloh SWT. Alloh menciptakan mata kita dengan kemampuan intuisi dua satu yang dapat memudahkan manusia dalam beraktivitas. Inilah yang membedakan manusia dengan mahluk lain. Maka dari itu kita harus senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang Alloh berikan kepada kita.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  101. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Foundationalisme dari matematika dalah aksioma, deduktif, formal, abstrak, pure. Sedangkan anti fondationalisme-nya adalah intuitionisme, realisme, matematika sekolah, konkrit, berbeda-beda, interactive, inductive dll. Oleh karena itu, saya memilih menjadi anti-foundationalism. Ternyata, tidak selalu yang mengandung anti- itu negatif juga.

    ReplyDelete
  102. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Dari artikel diatas, pemahaman saya, Anti Foundationalisme dapat diartikan tidak berlandasan. Anti Foundationalisme matematika adalah tidak menggunakan definisi dan salah satu bentuk anti foundationalisme matematika adalah matematika sekolah. Matematika sekolah sebagai bentuk pembelajaran matematika untuk anak usia sekolah memang tidak perlu dicari definisi dan landasannya karena dalam kehidupan sehari-hari anak usia sekolah sudah bermatematika, contohnya dalam bentuk jual beli atau dalam permainan. Hanya saja bentuk pembelajaran matematika di sekolah diberikan kepada peserta didik agar peserta didik lebih memiliki keterampilan matematika yang lebih baik misalnya kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan menggunakan kalkulator dan komputer.Di tambah lagi matematika sekolah berperan penting bagi peserta didik untuk memahami bidang studi lain seperti fisika, kimia, geografi dan pelajaran lainnya. Jadi tidak perlu dacari definisi, sebab akibat dari matematika sekolah, karena matematika sekolah sangat penting bagi setiap orang.

    ReplyDelete
  103. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Dari artikel diatas, pemahaman saya, Anti Foundationalisme dapat diartikan tidak berlandasan. Anti Foundationalisme matematika adalah tidak menggunakan definisi dan salah satu bentuk anti foundationalisme matematika adalah matematika sekolah. Matematika sekolah sebagai bentuk pembelajaran matematika untuk anak usia sekolah memang tidak perlu dicari definisi dan landasannya karena dalam kehidupan sehari-hari anak usia sekolah sudah bermatematika, contohnya dalam bentuk jual beli atau dalam permainan. Hanya saja bentuk pembelajaran matematika di sekolah diberikan kepada peserta didik agar peserta didik lebih memiliki keterampilan matematika yang lebih baik misalnya kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan menggunakan kalkulator dan komputer.Di tambah lagi matematika sekolah berperan penting bagi peserta didik untuk memahami bidang studi lain seperti fisika, kimia, geografi dan pelajaran lainnya. Jadi tidak perlu dacari definisi, sebab akibat dari matematika sekolah, karena matematika sekolah sangat penting bagi setiap orang.

    ReplyDelete
  104. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Terimakasih banyak Bapak Prof. Marsigit atas ilmunya. Beberapa hal yang saya pahami dari artikel di atas adalah adanya gerakan perpindahan dari fondasionalisme menuju anti-fondasionalisme, dari teori besar menuju teori yang spesifik, dari sesuatu yang universal menuju ke sesuatu yang sebagian dan lokal, dari kebenaran yang tunggal menuju ke kebenaran yang beragam. Anti foundationalisme diartikan tidak berlandasan atau tidak menggunakan hukum sebab akibat. Sedangkan foundationalisme dapat dilihat sebagai kebenaran yang tak lain adalah persesuaian antara sesuatu dengan fondasinya dan sekaligus persesuaian antara akal dan kenyataan yang dicermati antara subjek yang mengamati dan objek yang teramati. Foundationalisme lebih lanjut menyimpan sebuah kepastian bahwa dasar mutlak tersebut tidak terkait pada ruang dan waktu hidup manusia.

    ReplyDelete
  105. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Anti foundalisme artinya tidak berlandaskan, akibat yang timbul tanpa adanya sebab yang merupakan domain manusia. Karena tidak semua akibat dapat dijelaskan sebabnya, melainkan semata Kuasa Tuhan. Contohnya adalah anti foundalisme spiritual, anti foundalisme doa, bahkan anti foundalisme matematika. Intuitionisme adalah salah satu contoh anti foundalisme dalam matematka. Terdapat juga intuisi dua satu yakni setengah ingat setengah sadar dimana jika kamu tidak memiliki ini, maka kualitas hidupmu lebih rendah dari robot. Mahasiswa dapat mengingat materi kuliah pertemuan sebelumnya dan dapat mengikuti dengan sadar kuliah pertemuan hari ini adalah salah satu peran dari intuisi dua satu.

    ReplyDelete
  106. Fany Isti Bigo
    PPs UNY PM A 2018
    18709251020

    Anti foundalisme berarti lawan dari foundalisme atau landasan. Anti Foundalisme terjadi ketika manusia pertama kali belajar dan menggunakan pengetahuan itu. Tidak ada landasan yang mendasarinya terlebih dahulu baru kemudian ia gunakan pengetahuan itu. Penggunaan itu semata-mata karena kebutuhannya dan berasal dari pengalamannya atau disebut intuisi.

    ReplyDelete
  107. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika 2018 A
    Terimksih Prof telah berbagi tentang Anti-Foundationalisme. Dimana anti-foundationalisme tidak selalu bermakna negative karena berdasarkan pengertiannya dapat diartikan tidak berlandasan, sulit untuk dicari landasannya, atau tidak terlihat landasannya. Tanpa kita sadari kita juga sering dan telah menggunakan sifat anti- foundationalisme dalam kehidupan. Contohnya dalam berdoa kita harus benar-benar yakin apa yang kita harapkan akan terkabul atas kehendak Allah SWT. Tanpa berpikir kapan doa tersebut akan dikabulkan . sehingga kita terus berdoa dalam hati serta yakin kepada Allah SWT terhadap doa yang kita minta. Dan juga terimaksih ats ilmunya mengenai intuisi two ones” setengah sadar setengah ingat” juga termasuk kedalam anti-foundationalisme.

    ReplyDelete
  108. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Anti-Foundationalisme >< Foundationalisme. tidak berlandasan >< berlandasan. dalam hidup ini semuanya ada pasangannya, bisa sama ataupun kontra.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    ReplyDelete
  109. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Foundationalisme adalah sesuatu yang berlandasan. Jika saya baca dari postingan baca yang lain berjudul "Landasan" saya dapat memahami bahwa segala sesuatu yang memiliki landasan akan berakhir baik. Karena jika kita memiliki landasan maka secara sadar motivasi kita untuk mencapai ke tujuan akan lebih besar. Namun saat saya membaca "Anti Foundationalisme" satu-satunya kegiatan yang tidak berlandasan atau sebab-akibat adalah kepercayaan kita kepada Allah SWT yang merupakan keyakinan yang tertanam di dalam pikiran dan hati manusia.

    ReplyDelete
  110. Besse Rahmi Alimin
    (18709251039)
    S2 PM.B 2018

    Anti-foundationalisme ?
    Maaf Prof sebelumnya, entah karena saya kurang membaca atau memang karena saya tipikal manusia yang kudet (kurang Up date) sehingga saya baru membaca penjelasan terkait anti-foundationalisme.
    Tapi Prof, setelah saya belajar memahami, saya kok anti+anti-foundationalisme. Baiklah,seperti ini...dalam matematika dikenal dengan istilah teorema dan akzioma, nah teorema sendiri adalah jenih teori yang dapat dibuktikan, sedangkan akzioma adalah tanpa pembuktian sudah bisa diakui kebenarannya, salah satu contohnya adalah keberadaan Allah di hati ummat muslim, bukan tanpa alasan/ landasan hanya saja mereka membatasi diri untuk mengusik. Nah, apa lagi? Intinya, apapun itu pasti memiliki landasan mau bagaimana pun persentasenya.

    ReplyDelete
  111. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B

    Anti foundationalisme adalah sesuatu yang tidak berlandaskan. Sesuatu yang tidak berlandaskan sering kali menghasilkan sesuatu yang negatif. Kemampuan intuisi agar dapat membedakan mana yang baik dan yang buruk. Ketika seseorang mempunyai kemampuan intuisi yang baik maka hidupnya akan mempunyai landasan yang baik pula.

    ReplyDelete
  112. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Saya telah tersadar bahwa anti-foundationalisme tidak saja dikaitkan dengan hal-hal atau sesuatu yang tidak baik tetapi juga mengandung hal-hal yang baik tergantung dari sisi mana kita memandangnya. Contohya intuisi dua satu, dimana hampir segala aktivitas yang kita lakukan merupakan peran dari intuisi dua satu, dan banyak akibat dimana manusia tidak mengetahui sebabnya karena terbatasnya pikiran yang dimiliki manusia, cukup dengan percaya atas keagungan dan kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  113. hendra B.
    18701261008
    PEP S3 2018

    intuisi satu dua.
    Intuisi itu mengerti tanpa sebab. Oleh karena itu, intuisi itu tidak perlu dan tidak dapat didefinisikan.
    mungkinkah seseorang yang sedang belajar membaca tidak menggunakan intuisinya. selanjutnya mungkinkah ingatan itu termasuk intuisi.

    ReplyDelete
  114. Aji Joko Budi Pramono
    PEP S3
    18701261003

    memaknai Anti Foundationalisme sebenarnya tergantung kita bagaimana perseptual kita kita secara konseptual membangun struktur pemikiran, hal ini di dukung oleh intuisi , intuisi kita mau bicara dan bertindak bagaimana tergantung kemampuan dan daya asah kita, sehinnga selaknya kita dalam bertindak harus melibatkan intuisi

    ReplyDelete