Sep 25, 2017

*MULUS*



Oleh: Marsigit, UNY 16 Juli 2017


*Mbilung*:
Sekalian mumpung Semar sedang suka ngobrol. Sekarang tolong uraikan makna _mulus_ ?

*Semar*:
Oke kalau begitu. Simaklah berikut ini:

*Akronim*nya _mulus_:
Kalau saya anggap akronim _M U L U S_ _*M*udah *U*rusan *L*akukanlah *U*paya *S*elengkapnya._

*Sinonim*nya _M U L U S_
Adalah _halus, lembut, lancar, dst_ silahkan teruskan.

*Homonim*nya _M U L U S_,
Aku punya tetangga namanya _Eko Mulus_. Koperasi di desaku itu juga namanya _Mulus_.

*Homofon*nya _MULUS_ ,
Ah belum ketemu...mungkin tidak ada, jangan dipaksa.

*Hiponim*nya _mulus_ ,
Misal _urusan_ sebab saya bisa ngomong _urusan mulus_.

*Polisemi* nya _mulus_
Adalah _halus, lembut, lancar, dst.. _silahkan teruskan.

*Kohiponim* nya _mulus_ :
_Niat, doa, pengetahuan, ilmu, sikap, ikhtiar, ketrampilan, pengalaman, kerjasama, ikhlas, giat berusaha, banyak latihan, teman yang baik, rajin belajar, rajin bekerja, sabar, tawakal, tumakninah, ..._ semuanya agar semua urusan mulus.

*Awalan* beda dengan _mulus_:
fulus, tulus, bulus, dan lulus.

*Material*nya _mulus_ :
_senyum, senang, gembira, bersyukur, sehat, segar, akrab, damai, tertib, tenang, aman, berdoa, berbalas pantun, hadiah, penghargaan, pengakuan, pengertian, toleransi, pujian, syarat, niat, sikap, kemampuan, ketrampilan, pengalaman, tim adhoc, fgd, ... dst..._silahkan teruskan.

*Formal*nya _mulus_
_patuh, tertib, tata tertib, paraturan, janji, kesepakatan, taat, laporan baik, ... dst_ silahkan teruskan.

*Normatif*nya _mulus_ :
_selaras, harmoni, kontinyu, terus, sustain, dipercaya, zona nyaman, logis, logika, sebab akibat, akuntabel, seimbang, tenteram, damai, ... dst_ silahkan teruskan.

*Transenden*nya _mulus_:
_visi, misi, rencana, program, renstra, rkpt, evaluasi diri, refleksi, komunikasi, interaksi, partisipasi, brain storming, benchmarking, sosialisasi, kreatif, inovatif, cendekia, bernurani, mandiri.... dst_ silahkan teruskan.

*Psikologi* nya _mulus_:
_terhubung, pengantar, apersepsi, interkoneksi, stimulus respon, zpd, adopsi, adapsi, asimilasi, cooperatif, skema, skenario, proyeksi,...dst_ silahkan teruskan.

*Filsafatnya* nya _mulus_ :
_ada, mengada, pengada, hormoni, kenyataan, ideal, hermenitika, fenomenologi, abstraksi, reduksi, ontologi, epistemologi, aksiologi, .... dst_silahkan teruskan.

*Spiritual*nya _mulus_:
_hidayah, inayah, tumakninah, sabar, tawakal, bersyukur, ikhlas, berserah diri, berdoa, Ijin Ridlo dan Rahmat dari Alloh SWT, husnul khatimah, .... dst ..._silahkan teruskan.

*Doa*nya _mulus_ :
_Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa_. Artinya: _Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah_.

*END*

70 comments:

  1. Restu Widhi Laksana
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251022
    Bismillahirrokhmanirrokhim
    Di artikel ini saya melihat pembahasan kata mulus berdasarkan intensifnya. Dimulai dari pengertian mulus secara material sampai pada spiritualnya bahkan hingga sampai pada doa. Setinggi-tingginya makna sebuah kata adalah doa. Maka berhati-hati dalam berkata karena setiap kata adalah doa.
    Penjabaran sebuah filsafat dapat dilakukan secara ekstensif yaitu cakupan luas dan intensif yang berbicara tentang tingkat kedalaman sebuah filsafat. Maka saya menyimpulkan bahwa artikel ini ditujukan untuk mengajarkan beberapa tingkatan pembahasan filsafat secara intensif.

    ReplyDelete
  2. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Mulus sebuah kata sering dilontarkan untuk menggambarkan sesuatu tanpa cacat, nihilnya hambatan, tidak ada rintangan...semuanya lancar car car..
    Namun dibalik kata mulus, sebenarnya ada pembanding yang menyebabkan seseorang berkata mulus..seperti seseorang menemukan jalan yg rusak, bila menemukan jalan yg baik, rata..seseorang akan berkata jalannya mulus. termasuk pembanding dalam hal lain, tentunya yang bertentangan dgn pemahaman kata mulus tadi..
    Pada semua konteks kehidupan bermasyarakat & bernegara, kata mulus sering kali kita dengar temukan..
    Tak terkecuali urusan birokrasi..karena ribetnya urusan birokrasi, yg terkadang hrs menunggu lama, proses yng berbelit-belit dsb..kalimat yang mengandung kata mulus pun akan muncul..kalimat tersebut adalah: "Ada Fulus Semua Jadi Mulus"...

    ReplyDelete
  3. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Dari penjabaran mulus di atas, saya memikirkan bahwa mulus abersifat relatif. Terkadang, orang lain menganggap jalan kita mulus, tetapi mereka tidak mengetahui kesulitan yang terjadi dalam proses tersebut. Oleh karena itu, saya menyimpulkan bahwa mulus sesungguhnya relatif untuk setiap orang.

    ReplyDelete
  4. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan tentang Mulus bahwa mulus termasuk kata yang multi definisi, sebab dapat digunakan untuk wacana yang berbeda, misalnya permukaan kulit yang mulus, wajahnya mulus tanpa jerawat, jalanannya mulus,perjalanan hidupnya mulus, Alahmdulillah urusanku berjalan dengan mulus, dsb. Akan tetapi pemaknaannya sama aja, bahwa tidak ada halangan atau tanpa noda atau bercak.

    ReplyDelete
  5. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat 2018

    Mulus memiliki banyak definisi, sesuai dengan ruang dan waktunya. Mulus dapat bermakna kata mulus atau yang biasa kita kenal sebagai lancar urusan. Suatu urusan lancar atau berhasil dengan mulus itu ada usaha dan doa didalamnya, karena mulus tersebut ada karena kerja keras yang dilakukan sebelumnya sehingga pada suatu titik dimana kita menganggap itu mulus tersebut adalah kerja keras yang kita lakukan dengan bantuan Allah didalamnya sehingga tidak ada yang bisa tercapai tanpa adanya doa dan usaha didalamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
      Besse Rahmi Alimin
      18709251039
      s2 Pendidikan Matematika 2018

      Berdasarkan komentar Saudari Diana, bahwa dalam tulisannya mengilustrasikan mulus sebagai "Suatu urusan lancar atau berhasil dengan mulus itu ada usaha dan doa didalamnya, karena mulus tersebut ada karena kerja keras yang dilakukan sebelumnya sehingga pada suatu titik dimana kita menganggap itu mulus tersebut adalah kerja keras yang kita lakukan dengan bantuan Allah didalamnya sehingga tidak ada yang bisa tercapai tanpa adanya doa dan usaha didalamnya", dari pernyataan tersebut, sepertinya mengarah pada fase kehidupan.

      Delete
  6. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018
    Mulus dalam KBBI bermakna sangat plural. Mulai dari, putih bersih, halus, tanpa cacat, lancer tidak ada halangan, dapat berjalan baik, jujur, suci hati, tulus.

    ReplyDelete
  7. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Mulus bisa berarti tanpa hambatan. Mu;us bisa berarti tidak ada benjolan. Mulus bisa berarti tidak ada noda. Dan masih banyak lainnya yang dapat diungkapkan dengan kata mulus. Sesuatu yang mulus menjadi keinginan banyak orang atau malah semua orang. Mulus kulitnya juga pasti menjadi keinginan sebagia besar wanita. Mulus dalam segala usahanya merupakan keinginan dari semua pengusaha. Untuk menjadikan mulus segala urusannya merupakan salah satu upaya dari manusia. Tidak lupa juga doa yang selalu mengiringinya. Jika manusia terus berusaha dan berdoa maka apa yang diinginkan bisa berjalan dengan mulus. Semua itu tidak jauh karena ridho dari Allah SWT. Jika Allah sudah meridhoi, apapun yang diinginkan pasti akan terjadi. oleh karea itu, dekatkanlah dirimu kepada Allah selalu, karena tanpa ridhonya tidak akan bisa melakukan apapun. Semoga kita bisa menjadi orang-orang yang beruntung. Amiin.
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  8. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Assalamualaikum wr.wb.
    kata MULUS kita bisa banyak memahami dan juga membawa kita dalam imajinasi sebuah bentuk yang tidak ada cacatnya. karena dalam setiap pemahaman dan penggunaan kata tentunya ada bedanya dalam konteks penggunaan kata MULUS tersebut.
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  9. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Assalamualaikum wr.wb.
    dalam pembahasan kata mulus pada artikel ini kami lebih cenderung pada kata mulus dalam sepiritual, tentunya setiap dalam berdo'a kita meminta pada Alloh untuk di mudahkan segala urusan dan sebagainya, disini bisa dikatakan mulus dalam berdo'a.
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  10. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Problematika kehidupan pasti selalu hadir dalam hidup kita, karena hidup tidak selamanya mulus. Maksudnya adalah selalu ada hambatan atau masalah yang menghampiri kita, karena sudah menjadi kuadrat kita sebagai manusia dalam menjalani hidup. Nah, ketika kita dihadapkan suatu masalah maka hati dan pikiran kita harus dalam keadaan mulus. Semulus-mulusnya hidup seseorang pasti pernah merasakan dan melalui hambatan-hambatan yang dialami.

    ReplyDelete
  11. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Mulus bersifat relatif, artinya dapat mulus dapat diartikan sesuai dengan ruang dan waktu penggunaanya serta tergantung persepsi masing-masing,karena mulus satu dengan yang lain takarannya berbeda sehingga mulus sendiri itu bersifat relatif. Pada elegi tersebut mulus diartikan pada keadaan untuk menunjukkan suatu kelancaran, keberhasilan, kemudahan dalam urusan atau kepentingan seseorang, mulus yang mempunyai makna positif dalampenggunaannya. mulus didapatkan dengan caraberusaha dan berdoa beriringan dalam pelaksanaannya sehingga Allah membantu kita dalam pengerjaannya.

    ReplyDelete
  12. MULUS
    Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Segala sesuatu kegiatan manusia bisa jadi menjadi tersendat karena ada halangan dan bisa jadi lancar karena bebas halangan. Tidak hanya kegiatan manusia saja tetapi pikiran dalam otak manusia bisa tersendat karena bisa saja sedang tidak ingin berpikir, bisa tidak tersendat karena memang dipakai terus untuk berpikir. Begitu juga dengan aliran darah dalam tubuh manusia yang lancar karena faktor manusia yang rajin olahraga, makanan sehat, menjaga pola hidup. Peredaran darah bisa tersumbat bahkan berhenti bila manusia sendiri membuatnya seperti itu. Sehingga segala sesuatu dalam kehidupan ini ada faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung yang berakibat lancar atau mulus dan faktor penghambat membuat berhenti.

    ReplyDelete
  13. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Mnejadi sesuatu yang bisa memperlancar urusan orang lain merupakan tindakan baik. Mempermudah sama saja dengan memperlancar sama saja dengan mempemulus yang bertujuan agar segalanya menjadi mudah untuk dilakukan dan tidak menimbulkan kesulitan. Bisa jadi kerikil sekecil apapun akan menghambat jalannya semut sehingga bila dibuang kerikil itu , semut akan bisa berjalan kembali dan bisa membuka jalan bagi teman-temannya karena halangan di tengan jalan sudah teratasi. Inti dari mulu itu sendiri bisa dengan menggunakan pikiran kita yang dibiarkan terbuka agar bisa berpikir lebih luas dan bisa memperlancar segala pertanyaan yang meragukan.

    ReplyDelete
  14. Lukman
    18701264003
    S3 PEP 2018

    Di balik skenario Allah SWT ada rahasia yang terjangkau pikiran, tak terbayang oleh imajinasi. Apakah perjalanan hidup Nabi Yusuf As. mulus, lancar, dan mudah. Beliau As. kecil dibuang, remaja dijadikan budak, dewasa terpenjara, namun itu adalah persiapan untuk tugas kenabiannya. Maka...nyuwun sewu...doa mulus itu adalah bismillahi tawakkaltu alalloh la haula wala quwwata illa billahil 'aliyyil adzmim. Hasbunalloh wa nikmal wakil nikmal maula wanikman nashir.
    Terima kasih, wallohu A'lam.

    ReplyDelete
  15. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Hidup adalah suatu perjalanan. Dalam perjalanannya terdapat yang mulus seperti jalan tol namun juga ada yang terjal. Untuk meraih kemulusan dalam perjalanan tersebut diperlukan niat yang tulus dan pantang lelah dalam menjalaninya. Niat yang tulus bisa dilakukan dengan cara istiqomah. Istiqomah itulah yang bisa menjadi kontrol diri dalam menjalani perjalanan hidup. Kontrol tersebut menjadi prinsip hidup yang harus digenggam, dipegang bahkan untuk diamalkan. Mulus atau tidaknya perjalanan hidup tergantung kita dalam menggenggam prinsip hidup. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  16. mulus dalam kehidupan mempunyai banyak arti tergantung konteks. ada yang dimaknai dalam proses kelancran, ada yang dimaknai menunjukkan sifat benda, ada yang dimaknai sebagai bentuk sifat.orang yang selalau lancar dalam memperoleh keinginannya juga sering dikatakan mulus, bahakan ada yang menggunakan makna dalam proses menghadap Ilahi rabbi. makna ini perlu dimaknai yang baik supaya memancarkan aura yang baik pula. semakain kita mendekat kepada Tuhan dengan ibadah kita, maka semakain mulus kita mendapatkan apa ang diinginkan.

    ReplyDelete
  17. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Mulus mempunyai banyak arti tergantung arahnya dikemanakan, banyak orang yang memahami mulus adalah putih, ada yang memahami mulus adalah halus tanpa cacat, juga ada yang memahami mulus adalah lancar atau tidak ada halangan, dan banyak juga yang memahami mulus adalah tulus. Saya menyimpulkan bahwa mulus adalah tanpa adanya halangan untuk mencapai suatu tujuan yang kita hendaki atau inginkan.

    ReplyDelete
  18. Laily Amin Fajariyah
    19701261019
    PEP S3 tahun 2019

    Mulus, sering menjadi ungkapan untuk doa atau harapan agar suatu agenda berjalan lancar tanpa suatu halangan yang berarti. Namun kata mulus ini juga terkadang terasosiasi dengan feminine yaitu diperuntukkan untuk wanita yang mempunyai kulit putih bersih tak berjerawat dan pastinya cantik. Setiap wanita mendambakan dirinya berkulit mulus yang berarti tak ada jejak2 bekas jerawat atau luka baik bakar maupun luka masa kecil. Namun kata "mulus" ini juga terkadang berkonotasi seolah menganggap wanita sebagai objek yang harus tanpa cela secara fisik sehingga terkadang seperti tidak nyaman ketika ada yang berkata "badannya dia mulus ya" apalagi yang mengunhkapkan adalah lawan jenis seolah memandang wanita sebagai objek. Namun tetep, di dalam hati seorang wanita kulit mulus anti wringkle adalah dambaan dan cita2 sehingga dia merelakan rupiahnya untuk mendapatkannya.

    ReplyDelete
  19. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Ketika mendengar kata "Mulus" yang tergambar dalam benak adalah segala sesuatu yang baik, bersih, lurus, halus, tanpa ada cacat cela. Sehingga umumnya mulus menjadi suatu kata yang didamba dalam khayalan maupun kenyataan. Maka untuk menggapai sesuatu yang mulus, membutuhkan suatu usaha yang optimal dan mutlak harus dipenuhi dengan doa-doa untuk memuluskan jalan menuju sesuatu yang mulus.
    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  20. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    kata "mulus" dapat diartikan secara beragam, tapi cenderung mengarah pada hal "mendekati sempurna". Menjadi "mulus" tidaklah serta merta, sebab dengan mengacu pada akronim "mulus" (Mudah-Urusan-Lakukan-Upaya-Selengkapnya), maka agar Mudah-Urusan, kita harus memadukan secara lengkap paket niat - ihtiar yang sungguh-sungguh - do'a - tawakkal. Niat menjadi pijakan atas apa yang ingin dilakukan dan dicapai dengan bermohon pada Yang Maha Kuasa. Selanjutnya, melakukan ihtiar secara sungguh-sungguh bdengan pengetahua yang benar atas hal yang ingin dituju atau dicapai, beriring do'a agar diberikan restu dan perlindungan oleh Yang Maha Kuasa. Terakhir, tawakkal, yakni berserah diri pada Yang Maha Kuasa atas apa pun yang dihasilkan, berhasil ataupun tidak. Bisa jadi hasilnya tidak seperti yang diharapkan dan dianggap tidak baik, tetapi bisa jadi Yang Maha Kuasa telah menyiapkan hal yang lebih baik atau dihindarkan dari hal yang tidak baik dengan keberhasilan itu. Misalnya, seseorang gagal ikut penerbangan yang sudah ia pilih, bisa karena kemacetan lalu lintas. Saat itu ia mungkin berpikir bahwa perjalanannya tidak mulus atau gagal bertemu rekanan. Tapi ketika mendapatkan pengumuman bahwa pesawat yang meninggalkannya mengalami kecelakaan, ia baru sadar bahwa gagalnya ia ikut penerbangan itu adalah hal terbaik yang diberikan oleh Sang Pencipta. Dengan begitu, sebagai orang beriman, sebaik-baiknya mulus hendaknya tidak melupakan hal spiritual. sebagaimana do'a di atas: "Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa." (Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.). Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  21. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    MULUS adalah satu kata yang sering sekali kita dengar. Kata ini biasanya muncul ketika suatu hal tersebut berjalan lancar, ataupun mengenai fisik sesorang. tetapi tak jarang, kata ini juga muncul ketika sesuatu itu tidak berjalan lancar. Misalnya ketika seseorang mengerjakan soal dengan mudah, pasti dia akan mengatakan,"wah, soal ini sangat mudah, sehingga saya mengerjakannya dengan mulus tanpa ada hambatan". Contoh lain misal seseorang mendapati situasi di mana ia mengurus sesuatu tetapi banyak hambatan, seperti akan mengurus berkas-berkas yudisium, namun petugasnya masih sibuk dengan yang lain, atau salah satu berkasnya ada yang ketinggalan sementara batas pengumpulan berkas tersebut adalah hari itu juga, dan lain sebagainya, sehingga ia akan berkata "yah... hari ini tidak ada yang berjalan dengan mulus". Namun, semua itu tidak terlepas dari kehendak Allah SWT. Semua itu pasti sudah terencana dan pasti ada hikmah dibaliknya, sehingga kita sebagai manusia harus berhusnudzon terhadap sesuatu yang bahkan mungkin tidak baik untuk kita, karena sesuatu yang tidak baik untuk kita, boleh jadi baik menurut Allah SWT.

    ReplyDelete
  22. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Melalui artikel ini saya mengetahui bahwa dibalik kata 'mulus' terdapat beragam makna. Tetapi, dibalik kata 'mulus' itu juga terdapat beragam masalah, noda, kesulitan, dan yang lainnya. Yang menjadikan sesuatu itu mulus adalah kehendak Allah. Dengan usaha dan mendekatkan diri pada Allah, Allah akan menjadikan sesuatu masalah itu menjadi mudah dan mulus.

    ReplyDelete
  23. Tri Effiyanti
    19701261007
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 2019

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    MULUS mempunyai banyak makna. Jika kita ingin mendapati kehidupan yang mulus, maka kita wajib mentaati semua peraturan yang berlaku. Contoh kecil dari kehidupan yang tidak berjalan dengan mulus ketika kita hendak pergi kuliah kekampus tercinta menggunakan sepeda motor, pas dijalanan ada razia kelengkapan surat-surat kendaran oleh Polisi setempat, dan kebetulan kita tidak membawa surat-surat kendaraan motor tersebut, maka akan ada tindak lanjut oleh pihak kepolisian kepada kita dengan bentuk denda dan diproses hingga kita menyelesaikan denda tersebut. Kalaulah surat-surat tersebut dapat kita tunjukkan tepat pada waktunya, maka perjalanan kekampus akan mulus tanpa hambatan yang berarti. Nah, karena paginya sudah kena tilang oleh pihak kepolisian dan harus membayar sejumlah denda, maka akan dapat merusak “mood” di sepanjang hari. Kalau mood sudah rusak, maka pekerjaan yang dilakukan pada hari itu akan tidak maksimal hasilnya. Sesungguhnya untuk mendapatkan kehidupan yang mulus, kita perlu doa. Memohon pada Allah agar urusan kita setiap harinya lancar. Karena sesungguhnya Allah Maha pembolak balik hati. Kalau kita berdoa pada Allah dengan sungguh-sungguh, tak susah bagi Allah untuk mengingatkan kita untuk membawa surat-surat kendaraan secara lengkap agar dimasukkan ke dalam tas. Dan semuanya bisa berjalan denga Mulus tanpa ada hambatan.

    ReplyDelete
  24. Hanifah Nabila Hendral
    S2 PEP A 19701251003

    Assalamualaikum
    saya jadi mengetahui arti mulus setelah membaca artikel Prof. Mulus memiliki banyak sekali makna. seperti yang dikatakan semar, mulus berarti mudah urusan lakukanlah upaya selengkapnya dan agar segala urusan mulus kita perlu untuk berdoa agar Allah memudahkan segala urusan kita.

    wassalamualaikum

    ReplyDelete
  25. Ahmad syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Dari beberapa penjelasan mulus di atas bahwasanya kata mulus itu bisa berarti bening, tidak kasar, halus, lembut tergantung beberapa pengertian yang dimaksud dari kata mulus filsafat sma agama berbeda pengertian karena begitu banyaknya kata mulus

    ReplyDelete
  26. Assalamu’alaikum wr. wb

    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    PEP S2 A 2019

    artikel ini menjelaskan mengenai makna dari kata MULUS dari berbagai aspek frasa maupun keilmuan yang lainnya. Saya tertarik dengan penjelasan terakhir dari artikel ini bahwa MULUS yang sesungguhnya adalah yang diberikan oleh Allah, artinya kehidupan yang dilakukan di dunia ini, pada akhirnya kita mengharapkan keMULUSan dari Allah supaya kita segala sesuatunya diberikan kemudahan terutama kemudahan ketika meninggalkan bumi dan kemudahan menemukan jalan yang selamat.

    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  27. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    PEP S2 A 2019

    Mulus memiliki berbagai makna tergantung pada ruang dan waktu dari pemikirnya. Dalam hal ini, dapat dikatakan “mulus” jika tanpa hambatan. Namun semulus mulusnya suatu urusan pasti ada penghambatnya. Maka dari itu, meminimalisir hambatan itulah yang diperlukan. Mengkrontrol dan memastikan apakah sudah sesuai dengan rencana. Manusia bisa berencana dan berharap. Namun Allah lah yang berkendak. Tidak ada yang mulus di dunia. Jika Allah selalu memuluskan setiap urusan kita, maka kita tidak akan mengerti apa itu bekerja keras, berserah, berharap, dan meminta hanya kepada Allah. Yang ingin Allah ajarkan adalah “karena sesudah ada kesulitan pasti ada kemudahan”

    ReplyDelete
  28. Ainun Mahfuzah
    19706261011
    S3 Pendidikan Dasar 2019
    Assalamualaikum, wr.wb
    1 kata yang mendampingi kata MULUS akan menentukan makna dari kata mulus.
    Contoh: Ayam putih mulus
    Mobil sedan hitam Ani masih dalam keadaan mulus
    Mulus sifatnya dinamis, memiliki ruang dan waktu. Contoh: Kehidupan manusia yang tidak selalu berjalan mulus.
    Wassalam, wr.wb

    ReplyDelete
  29. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pendidikan matematika 2019/ D


    menurut saya dari tulisan bapak yang saya baca, mulus bisa bermacam-macam maknanya, akan tetapi ada suatu inti yang sama dari makna-makna tersebut. Mulus itu adalah suatu sifat dimana sesuai dengan seharusnya, berjalan sesuai dengan seharusnya, berlangsung sesuai dengan kodratnya.

    ReplyDelete
  30. Galih Istiningsih
    197062610009
    S3 Pendidikan Dasar 2019
    assalamualaykum..

    Sudut pandang, Ruang pandang, waktu pandang MULUS sangat bermacam-macam tergantung pengiring kata awalnya. contohnya kulihnya filsafat mulus : sambal ibadah dan belajar filsafat, nilai terbaik.
    Kehidupan didunia ini untuk bisa MULUS membutuhkan ikhtiar, kesabaran dan rasa syukur serta jiwa tulus supaya mulus untuk keseimbangan dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  31. Ratna Hidayah
    19706261007
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum, wr.wb
    Mulus ada dalam berbagai aspek kehidupan. Makna mulus itu bermacam- macam, tergantung konteksnya. Mulus cenderung diartikan putih, bersih, lancar, dan berjalan yang baik. Mulusnya jalan kehidupan manusia tergantung pada kemulusan manusia itu sendiri dalam berusaha, berdoa, bersabar dan tulus ikhlas. Terima kasih prof.

    ReplyDelete
  32. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    Mulus sering digunakan orang-orang untuk mengibaratkan lancar, tanpa halangan, bahkan tanpa cacat. Banyak manusia menginginkan hidupnya mulus....namun apa yang mulus di dunia belum tentu mulus di akhirat, tergantung hati kita....ikhlas dan terus berikhtiar serta tawakal adalah kuncinya.
    Terima kasih sudah menginspirasi Prof.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  33. Hermawan Wahyu S
    Dikdas S3 2019
    19706261012
    Asalamualaikum Wr Wb
    Mulus merupakan sebuah konsep idaman bagi manusia dalam menghadapi kehidupan. Mulus bisa memberikan rasa bahagiya pada seseorang jika telah melakukan kegiatan sesuai denga target dan harapannya. Keadaan yang mulus bisa terlihat dari material seseorang contohnya dengan seyuman, senang, gembira, bersyukur dan seterusnya. Akan tetapi, untuk mendapatkan kata “mulus” seseorang haruslah berusaha dengan baik dan jangan lupa untuk niat dan doa sehingga bisa seiring sejalan.
    Wass Wr Wb.

    ReplyDelete
  34. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019
    Bismillah,
    اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

    dengan menyertakan doa dalam setiap urusan, mengutamakan Allah sebagai tameng dalam melakukan setiap kegiatan dapat melindungi manusia dari nafsu dan hal hal-hal lain yang membahayakan dirinya. Dengan kata lain, setiap urusan akan MULUS jika kita menyertakan Allah. Ketika kita sedang berikhtiar agar kegiatan yang kita lakukan terlaksana dengan baik, Allah ada bersama kita. Begitu pun ketika kita sudah menerima hasil yang kita peroleh atas usaha kita, baik itu hasil yang memuaskan maupun belum memuaskan kita harus qana’ah atau menerima dengan lapang dada. insyaAllah, Allah selalu memberi jalan kemudahan bagi hamba-hambanya yang ingin berusaha. Bapak mengungkapkan “MULUS” dengan sangat indah pada artikel ini. Saya sangat terbantu sehingga saya dapat menyadari bahwa yang mulus-mulus itu adalah Islam. Rosulullah telah mencontohkan setiap artian dari mulus yang terangkum dalam al qur’an dan sunnah-sunnahnya, baik itu mulus materi, formal, normative, trensenden, dll.

    ReplyDelete
  35. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    "mulus" dapat diartikan kedalam banyak pengertian, banyak makna.
    "mulus" dominan diartikan sebagai gambaran bahwa sesuatu tidak memiliki hambatan atau sesuai harapan.
    Dalam postingan ini kembali diingatkan bahwa segala sesuatu yang kita harapkan lancar atau kita harapkan berjalan "mulus" itu sesungguhnya adalah karena Allah memberikan kita kemudahan sehingga urusan menjadi "mulus"
    Maka segala sesuatu itu sangatlah relatif bagi manusia, seperti kata "mulus" yang memiliki banyak makna, namun sesungguhnya "mulus" itu mutlak karena diberi kemudahan oleh Allah.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  36. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D

    Mulus memiliki banyak makna sesuai dengan konteks dimana kata mulus itu digunakan. Kita sebagai manusia pasti ingin hidup kita berjalan mulus/lancar. Namun apalah daya kita hanya sebagai manusia biasa, karena pastinya kemudahan tersebut datangnya dari Allah S.W.T.
    Seperti yang telah disampaikan dalam postingan di atas bahwa akronim dari mulus adalah *Mudah *Urusan *Lakukanlah *Upaya *Selengkapnya. Dimana dapat dikatakan bahwa dalam sebuah urusan kita harus melakukannya dengan baik dan berupaya semaksimal mungkin, lalu jangan lupa untuk berdo'a kepada Allah agar segala urusan tersebut diberi kemudahan oleh Allah S.W.T.
    Memang Allah pasti akan memberikan cobaan untuk menguji hambanya, namun insyaallah Allah akan melancarkan/memudahkan urusan kita jika kita berdo'a dan berusaha semaksimal mungkin.

    ReplyDelete
  37. Choirul Amri
    19709251078 (Pendidikan Matematika D 2019)

    Bismillah, belajar filsafat ilmu dengan Bapak Marsigit mengajarkan kepada saya bahwa sesuatu bergantung kepada tempatnya atau yang biasa disebut sebagai “sesuai dengan ruang dan waktunya” atau dalam istilah matematika sesuai dengan semesta pembicaraannya. Begitu pula dengan makna dibalik kata “mulus” dalam tulisan ini. Seperti tulisan sebelumnya misalnya pada judul toleransi, maka makna mulus juga relatif maknanya, orang boleh saja mengartikan tiada cacat, lancar, cantik, mudah dan lain sebagainya. Namun dalam tulisan Bapak diatas disebalik makna-makna positif tersebut terdapat usaha disebaliknya yang kita membutuhkan doa dan terdapat campur tangan Allah yang mewujudkan kata mulus itu dalam hidup kita sesuai ruang dan waktu atau konteks kita. Oleh sebab itu apabila keberhasilan dan segala sesuatu atribut mulus itu kita patut bersyukur kepada Allah yang telah mengaruniakan kepada setiap kita.
    Terimakasih.



    ReplyDelete
  38. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    filsafat kata bagaian yang tidak terlepas dalam berpikir dan membangun konsep yang jelas dan kritis dari sebuah kata. Mulus dapat berarti halus, tanpa cacat, lancar, tidak ada halangan, kiasan jujur, suci hati,tulus. tergantung pada konteks penggunaan kata ini. Namun sebagaimanapun kata ini digunakan tersirat makna kerja keras yang kita lakukan dengan kemahakuasaan Allah didalamnya sehingga tidak ada yang bisa tercapai tanpa adanya doa dan usaha kita balik lagi pada kehendak Yang MahaKuasa.

    ReplyDelete
  39. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Berdasarkan tulisan yang berkaitan dengan makna “Mulus”, telah diuraikan akronim, sinonim, homonim, dan seterusnya sampai dengan doanya. Secara material, mulus bermakna senyum, senang, gembira, bersyukur, sehat, segar, akrab, damai, tertib, tenang, aman, berdoa, berbalas pantun, hadiah, penghargaan, pengakuan, pengertian, toleransi, pujian, syarat, niat, sikap, kemampuan, ketrampilan, pengalaman, tim adhoc, fgd. Sedangkan mulus secara spiritual, yaitu hidayah, inayah, tumakninah, sabar, tawakal, bersyukur, ikhlas, berserah diri, berdoa, Ijin Ridlo dan Rahmat dari Alloh SWT, husnul khatimah. Untuk mencapai itu semua, doa diperlukan supaya diberikan kemudahan Allah SWT untuk menjalaninya.

    ReplyDelete
  40. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Dari yang telah disampaikan prof saya memahami makna mulus tergantung dengan konteksnya. Mulus juga bisa bermakna lembut, halus, tidak terhambat, lancar. Sebagaimana yang telah dijabarkan prof kata mulus merupakan segala sesuatu yang mempunyai makna baik. Dalam kehidupan, mulus didapatkan dengan doa, rasa syukur, rasa senang dan ikhlas. Sehingga kita sebagai manusia dapat menjalani kehidupan dapat diberikan kelancaran dari Allah SWT urusan dunia dan akhiratnya.

    ReplyDelete
  41. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Mulus terdiri dari satu kata yang memiliki banyak makna, tergantung cara kita memaknainya. Berdasarkan keberagaman makna mulus yang muncul, kita dapat belajar bagaimana kita dapat menerima perbedaan sudut pandang dan tidak memaksakan kehendak. Salah satu contohnya pada bagian homofon dari mulus yang belum ditemukan. Kita tidak dapat memaksakan, bisa jadi homofonnya memang tidak ada.

    ReplyDelete
  42. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701261001

    Dalam tulisan ini kata mulus diuraikan maknanya dari akronim, sinonim, homonim, homofon, hiponim dan polisemi dan kohiponimnya dimana masing – masing memiliki makna berbeda. Yang menjadi inti makna mulus adalah bahwa mulus itu mengandung makna positif. Kata mulus jika ditinjau dari KBBI artinya bersih, halus, lancar atau tidak ada halangan, jujur atau suci hati. Dalam kehidupan sehari – hari tentunya kita selalu berharap segala apapun yang akan kita laksanakan dapat berjalan dengan baik, memberikan manfaat dan lain sebagainya. Namun harapan kita ini tentu akan menjadi kenyataan jika kita selalu mengawali apapun kegiatan kita dengan doa. Karena sesungguhnya dengan berdoa kita meminta persetujuan dan ridho dari Yang Maha Kuasa untuk memuluskan segala yang sedang dan akan dijalankan.

    Terima kasih Prof

    ReplyDelete
  43. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Mulus seringkali dikaitkan dengan segala hal yang kita lakukan, seperti studi dan pekerjaan. Untuk mencapai "mulus" diperlukan doa dan usaha. Namun jangan lupa kalau kita perlu berserah diri pada Tuhan karena hasil yang kita dapatkan akan mulus atau tidak semuanya bergantung pada keputusan Tuhan. Kemudian jika kita tidsk dapat mencapai kondisi mulus yang kita inginkan maka kita tidak bisa memaksakannya. Ingatlah bahwa sebenarnya dibalik jalan yang tidak mulus juga terdapat banyak pelajaran yang diambil. Semoga kita semua diberikan kemulusan/kelancaran atas segala hal yang kita lakukan.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  44. Alfiana Dewi
    19701251005
    PEP A 2019

    Assalammualaikum
    Dari penjelasan prof. bahwa makna dar kata MULUS begitu bnayak dan beragam. MULUS bisa dikaitkan dengan hati. Hati yang mulus adalah Hati yang bersih atau mampu menjadi hati dari noda - noda hitam yaitu berupa dosa. Hati yang mulus mampu membawa kita kejalan yang MULUS menuju ALLAH. Artinya saat kita berdoa dengan hati yang MULUS maka doa doa yang kita hantarkan kepada Allah mudah untuk dijabah olehNYA.
    Sehingga dengan kata MULUS dapat kita ambil pembelajaran mengenai dunia dan akhirat
    Terima kasih prof.atas catatan pembelajaran ini

    ReplyDelete
  45. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Mulus berarti sesuatu tanpa noda, tanpa cacat cela, tanpa halangan, tanpa kesulitan yang berarti.Sesuatu yang mulus adalah keinginan, namun sesuatu tidak mulus juga adalah kebutuhan. Sebab dalam menghadapi kehidupan tidak selalu dihadapkan dengan yang mulus. Untuk membentuk karakter yang kuat dalam menghadapi kehidupan, baik secara pikiran maupun perbuatan, maka perlu adanya tantangan yaitu sesuatu yang tidak mulus. Namun sesuatu yang tidak mulus itu akan mengantarkan pada yang hasil yang mulus (terbaik).

    Terimakasih Prof...

    ReplyDelete
  46. Hanifah nabila hendral
    S2 PEP A 2019
    19701251003
    Assalamualaikum
    Makna mulus adalah putih bersih, halus tanpa cacat, lancar tidak ada halangan, dapat berjalan dengan baik dan jujur, suci hati, tulus. Mulus jug aberarti rata, tidak bergeronjal. Dalam kehidupan tentunya kita sebagai manusia biasa berharap semuanya berjalan dengan mulus. Rencana kita, cita-cita, acara yang akan kita laksanakan di hari ini atau besok, kita tentunya berharap akan berjalan dengan mulus, namun kita sebagai manusia boleh berikhtiar (berusaha) namun semua keputusan ada di Allah. Jadi jangan bersedih jika rencana kita, cita-cita kita ataupun rencana kita tidak berjalan dengan mulus, karena itulah yang terbaik untuk kita.

    ReplyDelete
  47. Hanifah nabila hendral
    S2 PEP A 2019
    19701251003
    Mulus berarti tiada cacat. Dalam kehidupan didunia tiada yang mulus. Saya ambil contoh mata kanan kita tidak mungkin sama persis dengan mata kiri kita, begitu juga dengan kaki kita, salah satu kaki kita bisa lebih panjang atau lebih lebar dari yang satunya. karena itu ketidakmulusan merupakan salah satu kesempurnaan. Karena jika kaki kita sama antara yang kanan dan yang kiri justru kita menjadi berbeda dengan yang lainnya

    ReplyDelete
  48. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C
    Mulus. Mulus seringkali menjadi cerminan kesempurnaan, tanpa cacat, tanpa cela. Menjadi idaman banyak orang atas banyak urusan. Namun, mulus tidak hanya memiliki satu arti. Mulus memiliki banyak arti, tergantung pada ruang dan waktu. Tergantung pada pemaknaannya. Mulus dapat berarti dimudahkan. Namun, dalam kehidupan setiap manusia pasti pernah mengalami ujian, bahkan kemudahan dan kemulusan semua urusan manusia termasuk salah satu ujian, apakah kita akan mengingat pada yang memberi kemudahan atau tidak. Untuk banyak hal yang berjalan tak semulus yang kita harapkan, jangan berkecil hati sebab semua ujian datang bersama penyelesaian.

    ReplyDelete
  49. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Setelah membaca paparan yang telah disampaikan dan juga komentar dari kawan kawan. Yang bisa saya pahami adalah mulus itu sesuatu hal yang tidak ada halangan, tidak ada batu sandungan, lancar dan tak bernoda. Semua orang pasti ingin memiliki wajah mulus, urusan mulus, jalan mulus dan sebagainya. Namun semua itu tidak selalu bisa kita dapatkan. Maka dari itu banyak banyak berikhtiar dan berdoa, karena kemulusan itu milik Tuhan semata. Terima kasih.

    ReplyDelete
  50. Achmad Rante Suparman
    19701261010
    PEP S3 2019


    Assalamualaikum Wr Wb.
    Kata "Mulus" mengandung banyak makna:
    Kulit Mulus artinya kulitnya bagus
    Jalanan mulus, artinya jalanannya bagus
    Pesawat mendarat dengan mulus, artinya pesawat mendarat dengan baik
    Reaksinya mulus, artinya reaksinya berlangsung dengan baik
    urusan berjalan mulus, artinya urusan berjalan dengan lancar

    kata "mulus" di atas di identikkan dengan bagus, baik dan lancar karena dibandingkan dengan sesuatu yang setara dengannya. Defenisi mulus artinya mendekati sesuatu yang baik atau sempurna, tetapi tidak sempurna karena kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
  51. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Menurut saya matematikanya mulus yaitu kurva mulus. Kurva mulus pada bidang adalah grafik suatu fungsi bernilai vektor (pada bidang) yang mempunyai turunandi setiap titik dalam selang di mana ia terdefinisi, mem-punyai turunan kanandi titik awal, dan mempunyai turunan kiri di titik akhir.Secara geometris, turunan dari fungsi vektor di suatu titik merupakan vektor singgungdi titik tersebut (lihat gambar). Jadi, kurva yang mulus akan mempunyai garis singgung di setiap titik, kecuali mungkin di titik awal yang berimpit dengan titik akhir.

    ReplyDelete
  52. Jupriyanto
    19706261006
    Pendidikan Dasar, S3

    Assalamualaikum... Lancar, high way, mudah bagian dari mulus. Apapun yang kita lakukan terkadang tidak sesuai dengan cita cita, karena tidak mulus. Ikhtiar yang baik salah satu upaya untuk mendapatkan kemulusan. Kemulusan ikhitar yang kita upayakan tergantung mulusnya niat yang kita punyai. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  53. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Setiap kemudahan dan kesulitan yang terjadi di alam semesta ini, semua atas kehendak Alloh SWT. Tinggal bagaimana kita menyikapinya, agar semua itu bisa berjalan mulus. Mulus bukan berarti tanpa hambatan, karena sebelum mulus terjadi pasti didahului oleh hal-hal yang bersifat kasar. Tapi jangan jumawa juga ketika sudah mulus, karena pasti masih ada gelombang yang menunggu di depannya. Begitupun ketika mulus didunia, belum tentu mulus di akhirat. Jadi, selalu andalkan Tuhan dalam setiap langkah kita.

    ReplyDelete
  54. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Setelah saya membaca artikel di atas, Mulus mempunyai pengertian yang berbeda-beda. Tergantung dari mana konteks yang dilihat. Menurut saya, mulus adalah perjalanan seseorang tanpa hambatan dalam mencapai sesuatu yang diingkan, tentunya diiringi dengan tawakal dan berdoa. Bukan tidak mungkin perjalanan yang mulus pada awalnya tidak memiliki halangan, bisa saja awalnya banyak kendala, tapi karena usaha dan berikhtiar maka jalan dilancarkan dan akhirnya menjadi mulus.

    ReplyDelete
  55. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Saya membaca kembali paparan tulisan ini, ada hal yang ingin saya komentari yaitu "doanya mulus". Pasti banyak orang yang ingin doanya dimuluskan dan didengar oleh Tuhan. Segala macam perkara, sesuatu yang senang atau sedih, urusan pekerjaan dan sebagainya seringkali kita adukan kepada Tuhan melalui doa yang kita ucapkan. Kita berharap Tuhan mendengarkan dan memuluskan doa kita sehingga nampak hasil nyata dari doa kita. Tuhan memang Maha mendengar, tapi tidak selalu doa dikabulkan atau dimuluskan saat itu juga. Ada yang cepat dimuluskan dan ada yang lama dimuluskan. Semuanya punya proses dan setiap proses pasti ada penyertaanNya. Oleh karena itu jangan berputus asa bila doa kita belum dimuluskan. Tetap berikhtiar dan tekun dalam berdoa, niscaya Tuhan akan mendengarkan doamu. Amin. Terima kasih.

    ReplyDelete
  56. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Saya baru baca juga dan baru tau bahwa
    Akronim*nya _mulus_: _M U L U S_ _*M*udah *U*rusan *L*akukanlah *U*paya *S*elengkapnya._
    Saya salut dengan pemikiran bapak Prof. Marsigit dalam menuliskan kepanjangannya dan juga pemaknaannya yang pas. Tidak mudah membuat kepanjangan dari suatu kalimat dengan makna yang tepat. Terimakasih bapak, karena selalu bersedia membuat karya tulis yang mampu membangun pengetahuan kami. Tetap berkarya dan selalu diberi kesehatan yah pak. Amin. Terima kasih.

    ReplyDelete
  57. Dea Armelia
    19709251072
    S2 Pend. Matematika D 2019

    Kohiponimnya mulus : Usaha, Persistensi, ....
    Usaha untuk membuka pintu-pintu kesempatan yang di temui di dalam perjalanan hidup tidaklah selalu mulus, maka dibutuhkan persistensi untuk terus membuka pintu-pintu kesempatan tersebut.

    ReplyDelete
  58. Duden Saepuzaman
    NIM. 19701261008
    S3 PEP 2019

    Sebagai orang awam, saya hanya mendefinisikan mulus secara umum sebagai segala sesuatu yang sesuai dengan keinginan...tapi nampaknya definisi ini sangat dangkal sekali, apalagi jika (setelah saya membaca) dibandingkan dengan definisi atau relasi " MULUS" yang ditulis prof dalam artikel ini...terima kasih prof...

    ReplyDelete
  59. Wiiwin Mistiani
    NIM 19701261011
    S3 PEP 2019
    Terimaksih Prof. sangat mencerahkan sekali sebelum membaca tulisan prof awalnya saya memahami bahwa yang di maksud dengan mulus hanya sekedar tidak adanya rintangan dalam pekerjaan kita. namun teryata mulus itu tergantung obyeknya. seperti prof katakan MULUSnya Doa Adalah
    _Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa_. Artinya: _Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), Semoga ALLAH MEMUDAHKAN SEGALA AKTIVITAS KITA. Amiin.

    ReplyDelete
  60. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Mulus bisa dikatakan bahwa segala sesuatu yang berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Setiap manusia, pasti ingin hidupnya berjalan mulus, lancar, tanpa hambatan dan rintangan. Namun terkadang, hidup manusia itu tidaklah mulus, pasti terdapat ujian dan rintangan. Ujian dan rintangan ini, pastinya akan dapat dilalui, karena Allah mengetahui kemampuan setiap hamba-Nya. Maka dari itu, manusia haruslah memohon dan berdoa kepada Allah agar setiap urusan yang akan dilakukan diberi kemudahan dan kelancaran.

    ReplyDelete
  61. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dari artikel ini saya melihat bahwa mulus itu sendiri memiliki banyak makna, tergantung dari sisi mana kita melihat itu. Kata “mulus” jika salah satu hurufnya hilang ataupun bergantu maka akan menimbulkan makna yang baru seperti contoh “mulus” huruf awalnya “M”. jika huruf awalnya diganti “L” maka maknanya berganti menjadi “Lulus”. Menurut KBBI arti mulus adalah (putih) bersih: halus; tanpa cacat: lancar; tidak ada halangan: dapat berjalan baik: jujur; suci hati; tulus: menjadikan mulus; melancarkan: menjadikan lebih mulus (halus, lancar): keadaan mulus (halus, lancar): penilaian ratu kecantikan itu, antara lain didasarkan atas kesehatan tubuh, kulit, dan kelincahan.

    ReplyDelete
  62. Hidayatul wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Dari elegi di atas, mulus memiliki makna yang beragam pada level-level. Mulus dalam berbagai makna merupakaan sesuatu yang diingin oleh manusia. Kehidupan dunia dan akhirat yang mulus. Namun, dalam kehidupan tidak semua berlangsung dengan mulus. Selalu berikhtiar dan tawakal kepada Allah. Agar kehidupan kita terjauhkan dari yang tidak baik.

    ReplyDelete
  63. Kata "mulus" menempati ruang dan waktu yang beraneka ragam sehingga maknanya juga beraneka ragam mulai dari tingkat material hingga spiritual. Penjelasan ini semakin mengingatkan saya pada pernyataan Prof. Marsigit bahwa setiap kata itu hidup dan memiliki kehidupannya masing-masing. Matur nuwun Prof., keterangan ini sangat membantu.

    Ikhsanudin (PEP-S3/19701261001)

    ReplyDelete
  64. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Bismillah, permasalahan kehidupan pasti selalu hadir dalam hidup kita, karena hidup tidak selamanya mulus. Maksudnya adalah selalu ada hambatan atau masalah yang menghampiri kita, karena sudah menjadi kuadrat kita sebagai manusia dalam menjalani hidup bahwa makna dari kata MULUS begitu bnayak dan beragam. MULUS bisa dikaitkan dengan hati. Hati yang mulus adalah Hati yang bersih atau mampu menjadi hati dari noda - noda hitam yaitu berupa dosa. Hati yang mulus mampu membawa kita kejalan yang MULUS menuju ALLAH. Artinya saat kita berdoa dengan hati yang MULUS maka doa doa yang kita hantarkan kepada Allah mudah untuk dijabah olehNYA.
    Sehingga dengan kata MULUS dapat kita ambil pembelajaran mengenai dunia dan akhirat

    ReplyDelete
  65. Untuk menjadikan mulus segala urusannya merupakan salah satu upaya dari manusia. Tidak lupa juga doa yang selalu mengiringinya. Jika manusia terus berusaha dan berdoa maka apa yang diinginkan bisa berjalan dengan mulus. Semua itu tidak jauh karena ridho dari Allah SWT. Jika Allah sudah meridhoi, apapun yang diinginkan pasti akan terjadi. oleh karea itu, dekatkanlah dirimu kepada Allah selalu, karena tanpa ridhonya tidak akan bisa melakukan apapun

    ReplyDelete
  66. Nani Aprilia
    19701261016
    S3 PEP

    Kata Mulus memiliki banyak makna, tergantung ruang dan waktu. Mulus hidupnya diartikan bahwa dalam hidup mendapatkan kenikmatan/kelancaran dipermudah segala urusan, mau menikah cepet dapat jodohnya, mau bekerja cepet dapat kerjaan...sehingga banyak orang memaknai hidupnya berjalan mulus tanpa hambatan dan rintangan yang berarti. biasanya juga makna mulus untuk menibaratkan seorang wanita, tentunya makna akan berbeda sehingga kata mulus bisa disesuaikan dengan ruang ddan waktu.

    ReplyDelete
  67. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Tidak ada manusia yang menginginkan hidupnya tidak mulus, pasti setiap manusia menginginkan jalan hidup yang mulus. Mulus dan tidaknya jalan hidup tergantung dari kehendak Allah dan cara pandang orang tersebut dalam menjalani hidupnya. Sebagai manusia kita hanya dapat berikhtiar dan berdoa agar segala sesuatu yang kita jalani di kehidupan ini senantiasa diberi kemudahan dan kelancaran oleh-Nya. Sehingga keadaan apapun yang kita jalani di kehidupan ini jika mendasarinya dengan niat karena-Nya maka proses yang mulus dan tidak mulus itu dapat kita terima dengan ikhlas serta dapat diambil hikmahnya.

    ReplyDelete
  68. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019
    Dari semua makna yang dijelaskan tentang Mulus, hal yang paling berkesan untuk saya adalah “Doanya_mulus”, karena setiap manusia pasti memiliki harapan yang sama tentang kehidupannya yang mulus dan semua kemudahan yang terjadi hanyalah kemudahan yang berasal dari Tuhan.

    ReplyDelete
  69. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete