Sep 25, 2017

*MULUS*



Oleh: Marsigit, UNY 16 Juli 2017


*Mbilung*:
Sekalian mumpung Semar sedang suka ngobrol. Sekarang tolong uraikan makna _mulus_ ?

*Semar*:
Oke kalau begitu. Simaklah berikut ini:

*Akronim*nya _mulus_:
Kalau saya anggap akronim _M U L U S_ _*M*udah *U*rusan *L*akukanlah *U*paya *S*elengkapnya._

*Sinonim*nya _M U L U S_
Adalah _halus, lembut, lancar, dst_ silahkan teruskan.

*Homonim*nya _M U L U S_,
Aku punya tetangga namanya _Eko Mulus_. Koperasi di desaku itu juga namanya _Mulus_.

*Homofon*nya _MULUS_ ,
Ah belum ketemu...mungkin tidak ada, jangan dipaksa.

*Hiponim*nya _mulus_ ,
Misal _urusan_ sebab saya bisa ngomong _urusan mulus_.

*Polisemi* nya _mulus_
Adalah _halus, lembut, lancar, dst.. _silahkan teruskan.

*Kohiponim* nya _mulus_ :
_Niat, doa, pengetahuan, ilmu, sikap, ikhtiar, ketrampilan, pengalaman, kerjasama, ikhlas, giat berusaha, banyak latihan, teman yang baik, rajin belajar, rajin bekerja, sabar, tawakal, tumakninah, ..._ semuanya agar semua urusan mulus.

*Awalan* beda dengan _mulus_:
fulus, tulus, bulus, dan lulus.

*Material*nya _mulus_ :
_senyum, senang, gembira, bersyukur, sehat, segar, akrab, damai, tertib, tenang, aman, berdoa, berbalas pantun, hadiah, penghargaan, pengakuan, pengertian, toleransi, pujian, syarat, niat, sikap, kemampuan, ketrampilan, pengalaman, tim adhoc, fgd, ... dst..._silahkan teruskan.

*Formal*nya _mulus_
_patuh, tertib, tata tertib, paraturan, janji, kesepakatan, taat, laporan baik, ... dst_ silahkan teruskan.

*Normatif*nya _mulus_ :
_selaras, harmoni, kontinyu, terus, sustain, dipercaya, zona nyaman, logis, logika, sebab akibat, akuntabel, seimbang, tenteram, damai, ... dst_ silahkan teruskan.

*Transenden*nya _mulus_:
_visi, misi, rencana, program, renstra, rkpt, evaluasi diri, refleksi, komunikasi, interaksi, partisipasi, brain storming, benchmarking, sosialisasi, kreatif, inovatif, cendekia, bernurani, mandiri.... dst_ silahkan teruskan.

*Psikologi* nya _mulus_:
_terhubung, pengantar, apersepsi, interkoneksi, stimulus respon, zpd, adopsi, adapsi, asimilasi, cooperatif, skema, skenario, proyeksi,...dst_ silahkan teruskan.

*Filsafatnya* nya _mulus_ :
_ada, mengada, pengada, hormoni, kenyataan, ideal, hermenitika, fenomenologi, abstraksi, reduksi, ontologi, epistemologi, aksiologi, .... dst_silahkan teruskan.

*Spiritual*nya _mulus_:
_hidayah, inayah, tumakninah, sabar, tawakal, bersyukur, ikhlas, berserah diri, berdoa, Ijin Ridlo dan Rahmat dari Alloh SWT, husnul khatimah, .... dst ..._silahkan teruskan.

*Doa*nya _mulus_ :
_Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa_. Artinya: _Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah_.

*END*

173 comments:

  1. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari dialog ini yang kami pahami adalah kata mulus bisa bermacam-macam maknanya, akan tetapi ada suatu inti yang sama dari makna-makna tersebut. Mulus itu adalah suatu sifat dimana sesuai dengan seharusnya, berjalan sesuai dengan seharusny, berlangsung sesuai dengan kodratnya.

    ReplyDelete
  2. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Mulus, terselip sebuah doa dan harapan dari usaha yang telah dilakukan. Pastinya, harapan menuju pada hasil yang menyenangkan dan baik. Di sini, saya berfokus pada doa yang dihaturkan dalam tulisan ini. Tiada kesulitan dan kesedihan yang berkepanjangan jika Tuhan sudah menghendaki keduanya seketika akan menjadi mudah. Saya pribadi juga suka melantunkan doa ini saat saya berada dalam situasi sulit. Hal ini dikarenakan saya merasa pertolongan Tuhan akan semakin dekat dan melalui doa tersebut saya mendapatkan energi positif. Misalnya, saat saya merasa sedih, saya dapat tersenyum dan seketika rasa kegundahan dalam hati menjadi plong. Sungguh besar keajaiban doa yang dapat saya rasakan. Semoga Tuhan dapat memberi kesempatan kepada kita untuk berdoa secara terus menerus. Sejatinya Tuhan selalu ingin dijadikan sebagai tempat bergantung yang utama bagi makhluk ciptaan-Nya.

    ReplyDelete
  3. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Mulus terselip makna bahwa ketika ingin mencapai sesuatu, hambatan yang datang tidak mempunyai efek besar yang bisa menghentikan langkah kita dalam mencapai apa yang kita inginkan. Mulus juga berarti bahwa allah meridhoi apa yang kita perbuat. Karena sesuatu perbuatan yang dilandasi oleh ridhonya allah dan orang tua insyallah akan diberi kemudahan dalam mencapai tujuan yang ingin kita raih. Maka dari itu setiap membuat visi dan misi kehidupan hendaklah selalu dalam naungan ridhonya allah swt.

    ReplyDelete
  4. Junianto
    PM C
    17709251065

    Pada dasarnya mulus itu mempunyai makna tergantung pada konteksnya. Kata tersebut bisa berbeda makna jika kalimatnya berbeda dan kata yang diterangkan juga berbeda. Kata tersebut bisa sebagai kata sifat, kata kerja, kata keterangan, dll. Karena ilmu filsafat itu menyeluruh maka makna kata tersebut juga dilihat dari berbagai sisi seperti yang Prof sampaikan pada artikel ini. Kesimpulan yang bisa saya ambil adalah bahwa ilmu itu sangatlah luas, terbukti dengan memaknai sebuah kata saja bisa bermacam-macam bahkan tidak terbatas.

    ReplyDelete
  5. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Mulus. Mulus di dunia berarti berhubungan dengan manusia yang secara kebetulan masih menjadi penghuni di dunia. Pada postingan ini telah diurai secara jeli, menarik, dan menggemaskan hal-hal mulus (maksut saya konteks-konteks yang mulus. Halah maksut saya beberapa sifat yang mengikuti ataupun diikuti si "mulus"). Akan tetapi, saya tertarik pada akhir tulisan ini, yaitu doa mulus. Awalnya saya agak terkejut ketika membaca (baru membaca) dua kata ini (doa mulus), akan tetapi setelah pelan-pelan saya baca, saat itu juga saya sadar, bahwa saya sedang melantunkan doa. Ya, doa mulus, "Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa_. Artinya: _Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah". Jika Engkau kehendaki.....pasti akan menjadi mudah

    ReplyDelete
  6. Arina Husna Zaini
    PEP B S2
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Mulus dalam tulisan di ibaratkan sebagai manusia yang sedang mencari jati diri dan menjalani proses dalam kehidupan. dalam tulisan di atas mulus di gunakan dalam konteks apapun, namjn ada beberapa yg membuat maknanya menjadi kurang tepat hal itu menggambarkan bahwa kehidupan manusia tdak.selamanya mulus tanpa masalah dan rintangan. oleh karena itu manusia berdoa kepada Rabb nya "Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa_. Artinya: _Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah". Jika Engkau kehendaki.....pasti akan menjadi mudah

    ReplyDelete
  7. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    *Doa*nya _mulus_ :
    _Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa_. Artinya: _Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah_.
    Ya Allah jika kesulitan bagiku adalah keridhoannMu, maka berikanlah aku kesabaran menghadapinya. Dan jika kemudahan bagiku adalah kemurkaanMu maka persulitlah aku melakukannya. Amin

    ReplyDelete
  8. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Seringkali kita menggunakan kata “mulus” dalam keadaan kita yang berubah oleh ruang dan waktu. Namun, ternyata kemulusan tersebut merupakan pengingat kita kepada siapa? Tentu kepada Dia yang memberi kan ‘mulus’ itu sendiri. Kemulusan di dunia ini tentu tidak jauh dari adanya Tuhan kita. Mulus dari saya memiliki arti tidak ada halangan. Namun manusia tidak akan bisa hidup mulus selamanya. Karena pada dasarnya dengan tidak hidup dengan mulus itu akan mengembangkan mereka sehingga hidup tidak membosankan.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  9. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Membaca postingan kali ini memberikan ide bahwa segala yang ada dapat didefinisikan menjadi banyak segmen, diposisikan dalam banyak sudut pandang. Ah alangkah indahnya jika semua orang dapat berpikir secara luas seperti itu, biarpun saya sendiri belum tentu mampu melakukannya. Atas inspirasinya saya sangat mengapresiasi, terima kasih Prof.
    enambahnkan doa mengenai "Mulus"
    Allahumma Yassir Wa Laa Tu'assir, yang artinya kurang lebih " Ya Allah, mudahkanlah dan janganlah Engkau persulit". Aamiin

    ReplyDelete
  10. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamaualaikum wr wb.Menginginkan yang baik,yang diinginkan cepat terkabul, dimudahkan jalan kemanapun kita melangkah .Semoga Allah mengikut sertakan kesulitan dengan kemudahan.Sebagaimana yang dijanjikan oleh Allah di dalam Al-qur’an surat al-Insiro ayat ke 5 dan 6 yang ditegaskan sebanyak dua kali yang artinya” sesudah ada kesulitan pasti ada kemudahan”.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  11. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Mulus pada dasarnya bukan berarti seseorang tidak melakukan apa-apa. Karena dari makna kata mulus atau yang biasa kita kenal sebagai lancar urusan. Suatu urusan lancar atau berhasil dengan mulus itu ada usaha dan doa didalamnya, karena mulus tersebut ada karena kerja keras yang dilakukan sebelumnya sehingga pada suatu titik dimana kita menganggap itu mulus tersebut adalah kerja keras yang kita lakukan dengan bantuan Allah didalamnya sehingga tidak ada yang bisa tercapai tanpa adanya doa dan usaha didalamnya.

    ReplyDelete
  12. Nurika Miftahuljannah
    17709251060
    Pasca P. Mat C
    Assalamu'alaikum wr. Wb.
    Semua orang pasti bahagia apabila semua yang menjadi reancananya berjalan mulus. Ya, sesuai keingingan dan harapan tanpa ada suatu hambatan. Namun demikian, setelah membaca tulisan Prof. ini kata "mulus" ternyata tidak hanya diidentikkan dengan rencana atau harapan, melainkan dalam banyak hal. Satu kata dapat memiliki makna puluhan, ratusan, bahkan ribuan. Terimakasih atas ilmu yang sudah Prof. bagikan. Semoga menjadi bekal yang abadi untuk Profesor kelak. Aamiin.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb

    ReplyDelete
  13. Riandika Ratnasari
    17709251043
    Pascasarjana Pendidikan Matematika 2017 Kelas B
    Mulus menurut saya adalah suatu keadaan yang berjalan sesuai rencana (sesuai yang diharapkan). Setelah membaca ulasan yang bapak berikan, mulus memiliki arti yang sangat banyak tergantung kita memandang dari sudut pandang mana. Namun, pada umumnya mulus bermakna tentang hal-hal untuk kebaikan.

    ReplyDelete
  14. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas sharingnya, Pak. Saya dapat menyimpulkan bahwa mulus adalah sesuatu yang terjadi sesuai dengan yang seharusnya, sesuai dengan kodrat dan sesuai dengan kehendak Allah SWT. Kemudahan maupun kesulitan, keduanya adalah nikmat Allah sehingga sebaiknya alih-alih meminta diringankan kesulitan, sebaiknya kita meminta untuk diberi kekuatan menghadapi kemudahan maupun kesulitan dari-Nya

    ReplyDelete
  15. Suatu istilah dapat ditempatkan di beragam posisi situasi. Tergantung siapa, kapan, mengapa hal tersebut digunakan. Istilah “mulus” pun dapat ditempatkan diberbagai aspek kalimat.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  16. Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    Saat kita mengangap istilah “mulus” sebagai suatu akronim dari Mudah Urusan Lakukanlah Upaya Selengkapnya. Hal ini bermakna bahwa dalam menggapai suatu tujuan untuk mencapai mulusnya, maka kita harus mengupayakan upaya atau usaha sekeras mungki, sepenuhnya. Jangan melakukan usaha tersebut setenga-setengah. Dengan kegigihan yang kita lakukan, maka masalah apakah urusan kita itu akan dimudahkan atau dimuluskan maka semua itu adalah kuasa dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  17. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    S2 PEP Kelas B 2017

    mulus bagi saya adalah keadilan. Dalam perjalanan mencari keadilan, jalan muluslah yang paling sukar untuk ditemui. Jika keadilan sudah menemui jalan mulus, maka akan mudah untuk mencapai keadilan. Mulus memiliki banyak arti, jika seribu orang diminta untuk memaknai kata mulus, kemungkinan besar setiap orang memiliki persepsi dan definisi yang berbeda terhadap kata mulus. Begitulah menariknya teks, teks membantu manusia untuk lebih dapat menyederhanakan hidup mereka, hanya saja tafsiran terhadap teks yang terkadang membuat hidup menjadi dinamis.

    ReplyDelete
  18. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dari tulisan ini satu hal bisa saya petik bahwa mulus dalam arti positif adalah mulus yang diland asi dengan keihklasan karena keridhoan sang Ilahi. Mulus dalam pengertian ini sangat erat kaitannya dengan proses yang kita lalui dengan penuh ikhlas tanpa melepas campur tangan Tuhan. Di sisi lain, ada mulus dalam arti politis, yaitu mulus yang dilandasi dengan intrik, licik, dan menjatuhkan lawan dianggap menghalangi. Mulus dalam pengertian ini adalah mulus yang bersumber dari akal bulus iblis.

    ReplyDelete
  19. Jika kita menganggap mulus adalah sebuah sinonimnya yang berarti halus, lembut, lancer, dst yang memiliki pengertian yang sama. Makah hal ini menandakan bahwa istilah “mulus” merupakan suatu sifat yang baik.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  20. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb.
    Satu kata dari mulus begitu banyak makna yang terkait didalamnya. Mulus adalah kata yang sebuah kata yang bernilai positif. "Terkadang jalan hidup memiliki beberapa kesulitan, tapi kita mampu melewati nya dengan mulus". Mulus dalam arti kalimat tersebut adalah kemudahan. Ini disebabkan ada campur tangan Allah yang memudahkan kita dalam menghadapi setiap ujian yang diberikan. Alangkah baiknya kita selalu berdoa sebelum memulai segala kegiatan, dengan berharap akan selalu diberi kemudahan dalam menghadapi setiap kesukaran.

    ReplyDelete
  21. Devi Nofriyanti
    17709251041
    Pps UNY P.Mat B 2017

    *Doa*nya _mulus_ :
    _Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa_. Artinya: _Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah_.

    Aaminn Allahumma Aamiin

    ReplyDelete
  22. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B (S2)

    Assalamualaikum Wr. Wb

    Mulus adalah seautu yang berjalan dengn lancar/tidak ada hambatan. Sesutu yang kita harapkan mulus haruslah dengn persiapan yang matang dan disertai do'a kpda Allah SWT. Ketika Sesuatu yg kita harapakan berjalan dengan mulus berarti apa yang hendak kita harapkan dan kita lakukan sudah di ridhoi oleh Allah SWT. karena ketika Allah berkehendak semua akan berjalan degn mulus, atas dasar apa yang sudah kita usahakan sebelumnya.
    ketika kita mengharapkan ridho allah atas apa yang hendak kita kerjakan agar semua berjalan degn lancar lafalkan lah do'a Mulus:

    Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa.

    Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah

    ReplyDelete
  23. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Terima kasih atas ilmu yang diberikan oleh Bapak. Tulisan di atas berisi tentang mulus. Mulus dapat di definisikan atau dijelaskan berdasarkan dimensi dimensinya. Mulai dari materialnya, formal, nofmatif, transenden, filsafat, hingga yang tertinggi spiritualnya. Secara umum dalam kehidupan sehari-hari tentu kita mengharapkan kehidupan kita mulus atau lancar. Namun mulus dan lancar disini adalah proses aktif sehingga membutuhkan upaya untuk mengupayakan kelancaran atau kemulusan ini. Dan yang paling utama dan utama upaya dalam doa karena sejatinya pemberi mulus dan lancar hanya Allah semata. Semoga dalam kehidupan dunia dan akhirat kita senantiasa diberi kemulusan dan kelancaran dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  24. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Tidak ada yang mulus di dunia ini. Perjalanan hidup manusia tidak ada yang mulus, pasti akan banyak rintangan, terjal, bergeronjal, berduri, dan segalanya yang membuat tidak mulus. Namun manusia yang memiliki hati dan pikiran, selalu berusaha membuat jalan hidupnya semulus mungkin (walau sebenarnya tidak ada jalan yang sepenuhnya mulus). Maka dari itu pada bagian akhir artikel di atas dikemukakan spiritual dari mulus yaitu hidayah, inayah, tumakninah, sabar, tawakal, bersyukur, dan seterusnya, yang menurut saya adalah tingkatan tertinggi untuk mencapai mulus.

    ReplyDelete
  25. Jika kita melihat dari homonimnya istilah “mulus” yang berarti sebuah nama. Makah hal ini berarti bahwa sesuatu dapat kita namakan “mulus” tidak peduli pada jenis apapun tersebut. Bisa jadi istilah “mulus” ditempatkan untuk manusia, nama tempat, nama kelompok, dll.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  26. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    “Mulus” adalah sebuah kata yang dapat diartikan dari berbagai macam sudut pandang.
    Dari bacaan saya belajar bahwa sebuah kata sederhana memiliki arti dan makna yang kompleks ketika kita mampu berpikir dan memikirkannya secara luas dari berbagai sudut.
    Berpikir dan terus berpikir, membaca dan terus membaca agar pengetahuan yang sederhana dapat berkembang dan terus berkembang. Selain itu selalu berusaha berpikir kritis dan berdoa kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  27. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Dalam pandangan awam, satu kata dapat memiliki satu makna. Namun, sesungguhnya sebagai orang yang telah tahu, kita dapat memandang satu kata saja dalam tingkatan-tingkatan tertentu. Seperti kata mulus pada artikel ini. Mulus kita lihat dari tingkatan susunan kebahasaanya, mulai dari akronim sampai istilah lain, dia akan memiliki makna sendiri, naik ke tingkatan berikutnya, mulus dipandang dari segi material dan formal, dia akan memiliki definisinya sendiri, kemudian dilanjutkan melihat mulus dari segi ilmu-ilmu terapan yang ada, yang menjadi obyek pikir manusia, kemudian yang terakhir kita sampai pada tingkatan spiritual dari mulus itu sendiri. Begitulah memaknai suatu kata atau suatu hal, maknanya akan tergantung dari tingkatan mana kita medefinisikannya.

    ReplyDelete
  28. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    Terimakasih prof, berbagai makna mulus, tergantung konteks penggunaan dan tergantung persepsi yang kita miliki. Mulus dalam konteks kehidupan bisa dipandang sebagai kemudahan dalam segala urusan dan kepentingan. Salah satu ikhtiar dlam mencapainya dengan memohon dan berdoa kepada Allah. Banyaknya pemaknaan mulus juga dapat dilihat dari bentuk fisik. Mulus identik dengan halus dan sebagainya.

    ReplyDelete
  29. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Tujuan etika dengan menunjukkan keharusan meluruskan perangai berlandaskan asas filsafat yang benar, sehingga perbuatan akan terwujud dengan mulus. Agar semua berjalan dengan mulus perlu ikhtiar dan doa. Ingat, seorang yang tekun berdo'a, bukan berarti tidak mengalami masa sulit "Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu? Dan Kami telah menghilangkan dari padamu bebanmu yang memberatkan punggungmu." (QS 94:1-3)

    ReplyDelete
  30. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Setiap manusia menginginkan apa yang dijalani dapat berjalan dengan lancar. terbaik, atau tanpa ada apapun yang menghalangi atau membatasi. Keinginan itu sering dikatakan sebagai sesuatu yang mulus. Mulus juga identik dengan sesuatu yang baik, yang mudah. Maka jika ingin kegiatanmu dilapangkan (dimuluskan) maka lapangkan (muluskan) urusan orang lain.

    ReplyDelete
  31. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Mulus memiliki berbagai pengertian sesuai dengan sudut pandang mencari defenisinya. Mulus erat kaitannya dengan sesuatu hal yang baik atau yang bagus-bagus. Meskipun ada juga dalam konten yang kurang baik (menurut suatu sudut pandang), misalnya "kurang lancar atau mulus". Dalam kehidupan hal mulus yang paling hakiki adalah meminta kemudahan pada Allah dalam setiap doa agar urusannya dimudahkan, dilancarkan.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  32. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dalam artikel diatas yang berjudul mulus, telah dijelaskan arti dari kata "Mulus" dari berbagai sudut pandang yang berbeda dari mulai akronim, Homofon material dan masih banyak lagi yang sudah dijelaskan. Tetapi sejauh apapun kita berjalan, seberat apapun kita berfikir tetap padaakhirnya kita akan mendekatkan diri dengan sang maha pencipta yang diimplementasikan lewat ibadah dan doa

    ReplyDelete
  33. Jika dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita jumpai penggunaan istilah “mulus” dari segi homofon, hiponim, dan polisemi nya.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  34. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251946
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Begitu banyak arti dan makna kata mulus tergantung bagaimana konteks kalimatnya. Sebagian besar arti kata mulus bersifat positif, maka tak jarang juga orang menggunakannya sebagai nama, baik nama orang maupun nama toko ataupun tempat usaha yang dimaksudkan agar sesuatu yang mempunyai nama mulus tersebut lancar (mulus) dalam usahanya.

    ReplyDelete
  35. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    Setelah membaca artikel "mulus" yang saya dapat sampaikan mengenai kata mulus adalah mudah, lancar, tanpa hambatan. Di sini saya akan membahas mudahnya saja. Kata mudah sering disandingkan dengan sulit sebagai akronim atau lawan katanya. Ibarat dua sisi mata koin. Satu sisi adalah mudah dan sisi lainnya sulit. Dua hal ini sulit dipisahkan. Dalam firman Allah kata kesulitan akan dibarengi dengan kemudahan. Bahkan ayat ini diulang sampai dua kali. Oleh karena itu, mari kita tanamkan pada diri bahwasanya setelah kesulitan itu ada kemudahan. Jangan sedih dan jangan takut, karena jika Allah sudah menghendaki kemudahan bagi makhluk maka Dia jadikan mudah baginya.

    ReplyDelete
  36. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Mulus itu sesuatu hal yang berjalan dengan semestinya (harapan). Tetapi jika Allah berkehendak lain, maka hal yang diinginkan juga tidak dapat dicapai. Kurang usaha, berdoa, dan berikhtiar juga menjadi faktor utama dalam melakukan hal agar menjadi “mulus”. Setiap manusia hanya bisa berusaha dibarengi dengan doa “Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa”. Semoga urusan dan kegiatan kita sehari hari dapat diberikan kemudahan dan jalan terbaik oleh Allah SWT. Amiin

    ReplyDelete
  37. Latifah Pertamawati
    17709251026
    S2 PM B

    Bismillaah..
    Mulus. Mulus itu tidak kasar, tidak ada halangan. Mulus itu saat sesuatu berjalan tanpa hambatan. Jalan yang mulus, jalan yang mudah dilintasi. Tapi apabila jalan "terlalu" mulus, jalan tersebut akan menjadi licin, membuat yang melintas tergelincir. Jadi, terlalu mulus juga tidak baik, karena secara umum sesuatu yang berlebihan itu bisa saja tidak baik.

    Dalam realita kehidupan, mulus diartikan keadaan dimana sesuatu itu berjalan sesuai dengan yang sudah ditetapkan. Mulus bagi diri sendiri, adalah saat kenyataan berjalan sesuai dengan perencanaan dan keinginan.

    Mulus itu adalah saat bapak bisa dengan sangat lancar memberikan kami wawasan dalam melihat kata mulus dari berbagai macam perspektif. Terima kasih, pak!

    ReplyDelete
  38. Istilah “mulus” dalam kohiponim nya yang memiliki banyak makna. Yang kesemuanya itu berarti dalam kehidupan mengenai hubungan yang kita lakuakan kepada Allah SWT misalnya doa dan niat. Dalam hal hubungan dengan dunia seperti kerjasama dengan manusia lain.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  39. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Ijinkan saya berpendapat menurut sudut pandang saya. Dari diskusi semar dan kawan-kawannya mengenai apa itu mulus, pelajaran berharga yang tersirat di dalamnya adalah tentang adanya perbedaan pemahaman mengenai makna sesuatu yang disebabkan oleh perbedaan perspektif atau sudut pandang. Makna mulus menurut akronimnya tentu berbeda dengan makna mulus menurut sinomim, homonim, hiponim, polisami, maupun yang lainnya. Dalam hal ini tentu tidak ada benar dan salah yang ada hanya berbeda, karena semuanya memiliki dasar untuk membuat pemaknaan tersebut, tinggal bagaimana perbedaan tersebut dipahami dan diterima. Nah untuk dapat memahami dan menerima perbedaan ini, tentu kita harus banyak belajar untuk memandang segala sesuatu dari berbagai sudut pandang.

    ReplyDelete
  40. Gamarina Isti Ratnasari
    Pendidikan Matematika Kelas B (Pasca)
    17709251036


    Mulus dapat dikatakan sebagai tidak cacat, halus, lembut, lancar. Kata mulus dapat dipersepsi berbeda-beda sesuai sesuai subjek, objek, dan lokasi dalam penyebutannya. Apabila dalam pembelajaran mulus dapat dikatakan ketika pembelajaran berhasil membuat siswa mencapa tujuan pembelajarannya. Bukan malah menanggap apabila saat pembelajaran tidak ada siswa yang bertanya atau tidak ada siswa yang berdiskusi. Hal tersebut dapat dikatakan pembelajaran tidak mulus karena tidak ada interaksi timbal balik antara siswa dan guru. Justru sebagai guru ketika siswa memiliki perbedaan pendapat dengan kita hal itu dapat kita kategorikan mulus karena siswa masih mempercayai kita untuk mendiskusikan jawabannya.

    ReplyDelete
  41. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Ternyata banyak sekali makna mulus, tentu tergantung dari mana cara pandangnya. Awalnya saya hanya tau makna mulus dari sisi sinonimnya saja, ternyata dari berbagai perspektif ada maknanya, dan tingkatan yang paling tinggi adalah doa. Allahumma yassir walaa tu'assir.

    ReplyDelete
  42. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    MULUS menurut saya ialah ketika kita mengerjakan sesuatu dengan ijin Allah tidak ada rintangan yang menghadang. namun ketika itu manusia jadi kurang bersyukur terkadang manusia merasa bahwa dia yang membuat semua berjalan sesuai kemauannya.
    Mulus bisa dipandang negatif juga bisa dipandang positif. Karna memang setiap hal mempunyai sisi negatif dan sisi positifnya.

    ReplyDelete
  43. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah.
    Terimakasih prof. Marsigit atas postingan kali ini. Bagi saya, mulus adalah kesesuaian dan keselaran antara rencana dan aplikasi. Namun menurut KBBI, mulus adalah putih bersih, suci murni dan tulus hati. Banyak sekali makna mulus sesuai ruang dan waktu yang beragam. Artinya segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada, dikatakan mulus ketika jauh dari atmospir negatif dan mampu memancarkan aura yang positif saat dirasakan. Seperti halnya doanya mulus di atas, secara tersurat bahwa makna kata mulus di sini adalah kemudahan urusan dan jauh dari kesedihan atau kesulitan. Namun demikian keinginan manusia tidak lah mampu berjalan secara mulus tanpa ada usaha dan ridho dari Sang Pencipta. Wallahua'lam Bishowab.

    ReplyDelete
  44. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Dari percakapan di atas saya memahami bahwa mulus mengandung makna yang sangat banyak, tergantung situasi dan kondisinya. Yang perlu digaris bawahi dari kata mulus ini adalah bahwa segala sesuatu yang telah berada pada tempatnya, segala sesuatu yang sudah semestinya terjadi. Namun yang paling penting dari itu semua adalah bahwa Allah SWT tidak pernah menghalangi hajat atau keinginan manusia, selama manusia itu selalu berusaha untuk mewujudkannya. Seperti yang tertulis dalam Al-Quran bahwa sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.

    ReplyDelete
  45. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Diskusi mengenai makna mulus pada artikel ini mungkin hanya sebagian dari pendapat-pendapat yang secara umum dapat menggambarkan keragaman makna *mulus*. Kata tersebut mengandung berbagai kemungkinan makna bahkan dapat dijadikan sebuah singkatan jika kita memang memaknainya seperti itu. Apakah rencana kita dapat berjalan mulus? Apakah yang saya dapatkan sekarang sudah tergolong mulus2 saja? Kita boleh memiliki standar tersendiri terhadap kemulusan.. Mulus atau tidak, tergantung sejauh mana usaha, harapan, dan keikhlasan yang kita miliki. Ketiganya tak lepas dari ikhtiar dan tawakkal kepada Allah SWT, Sang Pemberi Rezeki. Setinggi-tingginya derajat manusia, tetap ia takkan mampu mencapai level sang Khalik.

    ReplyDelete
  46. eka luthfiana lathifah
    17709251062
    PPs P.matC

    Assalamu'alaikum wr.wb
    mulus merupakan suatu kelancara suatu hal, atas hidayah dan rahmat dari Allah. setiap ikhtiar yang kita lakukan jika tidak di ridhai oleh Allah maka tidak akan mulus, akan ada rintangan yang menghalangi ikhtiar kita. maka dari itu setiap kita melakukan sesuatu hendaknya kita niatkan untuk meminta ridha Allah SWT.

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  47. Tari Indriani
    17701251027
    PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Mulus, menurut pemahaman saya merupakan kelancaran dalam melakukan atau mencapai sesuatu yang didukung oleh atmospir positifnya. Saya sebagai seorang anak merasakan apa yang saya kerjakan selama ini ketika berjalan mulus (lancar) adalah ketika Ibu Bapak saya meridhoi langkah saya. Ketika orangtua sudah ridho, maka mudah pula bagi kita untuk mendapat ridho Allah SWT. Begitupun sebaliknya dimana ada hal yang kadang tak berjalan mulus mungkin karna Allah murka. Karena murka-Nya terletak pada murka orangtua kita. Ya, atmospir positif saya ada pada ridho Ibu Bapak saya. Terima kasih Pak, atas tulisan sebagai pengingat ini.

    ReplyDelete
  48. Jika kita lihat materialnya mulus sungguh sangatlah baik. Hal-hal yang tersusun dari defenisinya merupakan anjuran untuk menjadi manusia yang lebih baik.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  49. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Mulus dapat diartikan bahwa segala sesuatu berjalan sesuai yang dikehendaki. Bahwa segala hal berjalan di alurnya. Maka pastilah setiap manusia ingin hidupnya berjalan mulus, lancar segala urusannya, berhasil dalam setiap keinginannya. Maka kita pun harus menyadari agar segala hal berjalan mulus tidaklah cukup dengan usaha yang kita lakukan. Ada hal yang sangat penting untuk memudahkan segala urusan kita yaitu do'a. Do'a kita dan tentu do'a orang tua kita. Karena ridho Allah adalah ridho orang tua. Maka apabila kita sudah merasa berusaha dan berdo'a tetapi masih merasa senantiasa kesulitan barangkali tiada ridho orang tua dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  50. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Seperti pada artikel bapak yang berjudul terkejut, artikel ini memiliki amakna tersirat yang tidak jauh beda dari artikel tersebut. Sesuatu dapat dilihat dari beberapa sisi, dapat menjadi baik dan menjadi buruk. baik buruknya segala sesuatu tergantung dari konteks permasalahan yang ada, seperti yang telah dicontohkan di atas. terkejut dapat menjadi mematikan dan juga dapat menjadi obat bagi seseorang. apabila kita dapat menjadikan hal yang negatif menjadi kekuatan, maka kehidupan akan menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  51. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih pak, setelah membaca postingan ini dapat dipahami bahwa ada banyak makna dan bentuk definisi dari kata “mulus”. Mulus bermakna segala sesuatu yang dianggap baik, suatu keadaan atau kedudukan yang ideal atau sebagaimana mestinya sesuatu itu. Tinggal bagaimana kita menggunakan istilah mulus itu sendiri dengan memandang konteks penggunaan istilah ini.

    ReplyDelete
  52. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Kata mulus, tulus, lulus, bulus dan sebagainya. Jadi ingat komedian bernama uus, nama lengkapnya Risky Firdaus. Uus saat ini merupakan komedian yang sukses, terutama sebagai host di acara televisi. Padahal, disebuah ajang kompetisi stand up comedy, uus merupakan peserta yang pertama kali tereliminasi di babak 20 besar. Namun berkat keunikannya dia malah lebih sukses dan terkenal dibanding peserta lainnya. Menarik disini adalah jika kita kalah di sebuah kompetisi didalam kehidupan kita, bisa jadi kita akan menang dikompetisi lainnya. Saat ini mungkin kita melihat teman kita lebih sukses dari kita, bisa jadi suatu saat kita lebih sukses dari dia. Yang terpenting adalah selalu bersyukur terhadap apa yang kita dapat saat ini dan terus berusaha dan berdoa.

    ReplyDelete
  53. Dalam ilmu psikologi dan filsafat pun terdapat istilah “mulus”. Dalam pandangan ilmu pengetahuan tersebut saja terdapat penempatan definisi yang berbeda mengenai “mulus”.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  54. Dalam hal hubungan kepada Tuhan Yang Maha Esa, istilah “mulus” dalam spritualnya dan doa sungguh sangat-sangatlah baik. Istilah “mulus” memberikan hikmah kehidupan yang baik.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  55. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Mulus. Memiliki banyak makna, iya seperti biasanya, setiap kata dalam filsafat selalu memiliki makna yang begitu luas. Salah satu makna mulus yaitu mudah. Seperti doa yang telah dipaparkan di atas, bahwasannya “ tidak ada kemudahan jika bukan Allah yang membuat mudah, dan kesulitan akan menjadi mudah jika Allah berkehendak”. Dari doa tersebut bnyak sekali makna yang tersirat. Diantaranya, bahwa kemudahan itu hanyalah datang dari Allah, sesuatu yang sulit sekalipun akan menjadi mudah jika Allah berkehendak. Untuk bisa seperti itu hendaklah hati selalu bergantung kepada Allah SWT, jika hati bergantung kepada selain Allah, semudah apapun urusan tersebut bisa menjadi sulit. Jadi ingat dengan firman Allah yang artinya barangsiap bertawakal kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan memudahkan urusannya.

    ReplyDelete
  56. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Seperti homofon kata mulus yang diungkapkan di dalam bacaan diatas, mulus yang saya pahami terjadi tanpa dipaksa. Mulus terjadi ketika kita tidak memaksakan kehendak kita sendiri melainkan percaya bahwa segalanya telah ada yang mengatur. Bukan berarti kita tak melakukan apa-apa, tetapi menyerahkan semuanya kepada Tuhan melalui doa, maka semuanya akan berjalan dengan mulus.

    ReplyDelete
  57. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Mulus memiliki banyak makna, tergantung dari kata yang mengikutinya. Menurut saya, mulus itu kondisi yang stabil atau lancar. Jika dibuat grafik, mungkin bentuknya seperti garis lurus yang tanpa benjolan atau grafik lengkung yang mana semua titiknya tergabung dalam satu pola, tidak ada satu titik yang keluar dari pola.

    ReplyDelete
  58. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof, dari artikel diatas dapat dilihat bahwa satu kat saja dapat mengadung banyak makna dan saling terhubung dengan makna-makna lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa filsafat adalah imu yang sangat luas. Filsafat memang menuntun kita untuk berfikir dan tidak berhenti pada satu topik saja.

    ReplyDelete
  59. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Mulus, awalnya mulus hanya dipahami sebagai sesuatu yang lancar-lancar saja tanpa satu hambatan apapun. Namun setelah membaca ulasan mengenai mulus ini, ternyata mulus memiliki banyak makna. Pemaknaan mulus sangatlah beragam tergantung dengan konteksnya. Dalam kehidupan ini, kehidupan yang mulus itu identik dengan sebuah kemudahan. Kemudahan yang ada dikehidupan ini semata-mata terjadi karena kehendak Allah swt. Terimakasih.

    ReplyDelete
  60. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb

    Setelah membaca percakapan tadi, saya menjadi mengetahui dan memahami bahwa mulus mempunyai banyak sekali makna. Mulus itu berarti bersih, halus, dan lancar. Mulus bukan hanya untuk menggambarkan keadaan wajah atau anggota tubuh yang lain. Mulus juga dapat digunakan untuk menggambarkan kenyataan atau kejadian yang terjadi dalam diri kita. Sehingga Mulus dapat juga diartikan sebagai segala sesuatu kejadian yang kita perkirakan/harapkan dapat terjadi atau berjalan dengan baik, dan lancar tanpa ada halangan yang berarti. Jika segala sesuatu/kejadian itu mulus, maka itu akan memunculkan gejala jiwa yang baik; yang membuat hati nyaman, tentram, bahagia dan sebagainya. Kejadian dapat mulus ditentukan oleh seberapa banyak dan keras usaha yang kita lakukan serta ditentukan juga oleh restu/kehendak Tuhan Yang Maha Esa, sebanyak-banyaknya dan sekeras-kerasnya usaha yang kita lakukan jika tidak mendapat restu dari Allah SWT maka kejadian yang kita harapkan itu tidak akan terjadi dengan mulus.Oleh karena itu agar kejadian dapat terjadi dengan mulus dan mampu menimbulkan gejala jiwa yang baik maka kita harus berusaha serta juga tidak boleh lupa berdoa agar segala sesuatu/kejadian yang kita harapkan tersebut dapat terjadi dengan mulus. Sekian dan terima kasih.

    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  61. Insan A N/PPs Pm C 2017
    Bismillah, bismillah kalau mengacu pada post diatas juga dapat dikatakan MULUS. Doa adalah mulus, segala sesuatu yang menimbulkan kebahagian adalah mulus. rencana yang bagus tercapai mulus. Maka kata mulus sendiri memiliki makna yang baik dan juga indah.

    ReplyDelete
  62. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Menurut saya, postingan ini memaknai "mulus" dari banyak dimensi. Mulai dari bagaimana jika mulus di akronimkan, sinonimkan, homonimkan, homofonkan. Juga ditinjau dari filsafatnya yakni bagaimana mulus itu jika di dimensi material, formal, normatif, transenden, psikologi, filsafat, spiritual, hingga jika di dimensi teratas yakni doa. Semua yang ada dan mungkin ada juga dapat ditinjau dari dimensi-dimensi tersebut. Tetapi jika ditinjau dalam kehidupan sehari-hari, mulus artinya lancar tanpa hambatan. Dan dalam kehidupan tidak ada yang benar-benar mulus, semuanya akan ada tantangan dan hambatannya. Oleh karena itu, bergantunglah pada Allah, dan itulah sebenar-benarnya kekuatan.

    ReplyDelete
  63. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- Pascasarjana
    17701251037

    Ternyata mulus mempunyai banyak makna tergantung dari sudut pandang kita. Jika dipandang dari urusan, mulus memiliki arti urusan lancar. Jika dilihat dari wajah, mulus artinya cantik. Dari tulisan tersebut saya belajar bahwa satu kata sederhana dapat memiliki arti yang kompleks.
    Terima kasih atas 'doa mulus' yang Bapak tuliskan, sungguh suatu ilmu baru bagi saya.

    ReplyDelete
  64. Kartika Kirana
    17701261039
    S2 PEP B

    Rasanya senang jika segala sesuatu berjalan lancar, teratur, bagus, mulus... Saya pun sering berharap demikian. Saat berdoa, sering Kita memohon agar apa yang Kita lakukan Dan rencanakan dapat berjalan baik, lancar, mulus...
    Namun jika semua selalu demikian, rasanya hidup jadi kurang tantangan juga. Dalam hidup ini Ada keseimbangan, harmoni. Seperti ilmu pengetahuan Juga muncul karena usaha untuk memperolehnya keseimbangan in.
    Yang membuat hidup in Indah Dan dapat disyukuri adalah karena adanya keadaan tidak mulus itu
    . Kita tidak sempurna. Namun dalam ketidaksempurnaan Kita dapat berkembang dan terus bercita cita. Mulus, absolut, adalah milik Tuhan.

    ReplyDelete
  65. Mulus
    Banyak makna yang terdapat didalamnya sesuai dengan ruang dan waktu
    Begitu relatif, karena manusia menginginkan hal yang positif namun mengingat hal yang negative

    Yang mulus hanya berkaitan dengan hati
    Selebihnya elegi keliru yang tercipta


    Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    ReplyDelete
  66. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Ketika kita berbicara tentang suatu hal, akan banyak persepsi dalam penerimaannya, tergantung bagaimana kita menyikapi suatu pembicaraan terhadap ruang dan waktu, kata "mulus" ada tersirat banyak makna dalam penggunaannnya, mungkin terkait denga peraturan saat kita melakukan suatu tindakan, atau mungkin harapan dalam kita menjalankan suatu kewajiban. itu tergantung bagaimana pemaknaan kita dalam menyikapinya seusai dengan ruang dan waktu. Semoga kita senantiasa diberikan kemudahan dan kelancarak dalam menjalankan sesuatu hal.

    ReplyDelete
  67. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Setiap manusia yang dilahirkan pasti mempunyai hasrat untuk diberikan kehidupan yang berjalan mulus. Namun karena manusia hanyalah merupakan sebuah wayang kehidupan yang disutradarai dan dimainkan oleh Allah swt, sehingga manusia dituntut untuk selalu sabar dan ikhlas dalam menerima setiap cobaan dan rintangan yang diberikan oleh-Nya. Namun cobaan dan rintangan yang diberikan oleh tuhan pasti tidak akan pernah melampaui batas kemampuan umatnya. Maka dari itu sebagai umat yang beriman, kita harus percaya bahwa apapun cobaan yang diberikan kepada kita pasti kita akan mampu melewatnya. Karena tidak selamanya hidup yang berjalan mulus itu indah.

    ReplyDelete
  68. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Mulus menurut saya dalah segala sesuatu berjalan dengan mudah tanpa hambatan, sehingga menghasilkan sesuatu yang ada dan yang mungkin ada sesuai dengan apa yang diharapkan, apa yang direncanakan. Untuk menemukan mulus hendaklah kita berjalan pada rel kehidupan yang sesuai dengan ruang dan waktu yang tepat, serta hendaklah senantiasa kita selalu berikhtiar dan berdoa kepada sang khalik. Karena tiadalah kemudahan tanpa ijin Tuhan YME, dan tiada pulalah kesulitan tanpa kehendak dari-Nya

    ReplyDelete
  69. Yolpin Durahim
    17709251029
    Pps. P. Mat B 2017
    Mulus dalam makna yang beragam berarti tanpa cacat, tak ada halangan, bersih, suci, tulus dan sebagainya. Mulus bisa bermakna apa saja, tergantung substansi kalimat yang dipilih.

    ReplyDelete
  70. Yolpin Durahim
    17709251029
    Do’a-nya mulus versi Nabi Musa yang minta dimudahkan urusan dan ucapannya yaitu:
    “Musa berkata, ‘Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’ [Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”
    (QS. Thoha: 25-28)

    ReplyDelete
  71. Yolpin Durahim
    17709251029
    Spiritual-nya mulus diantaranya yaitu maghfirah (Ampunan) sebagaimana fitrahnya manusia adalah tempatnya salah maka setiap harinya pasti tak pernah luput dari dosa. Maka sebaik-baik manusia adalah yang selalu memohon ampun atas kesalahannya dan bersegera untuk tersu memperbaiki diri, baik yang disadari ataupun tidak. Berkacalah kita dari Rasulullah SAW, meski dijamin terlepas dari dosa namun tetap memohon ampun setiap hari sebanyak 70 sampai 100 kali bahkan lebih.

    ReplyDelete
  72. Yolpin Durahim
    17709251029
    Pps. P. Mat B 2017
    Proses yang mulus tentu tidak secara serta merta terjadi dengan sendirinya. Butuh perjuangan, niat yang baik, usaha, do’a dan keikhlasan. Aspek tersebut menjadi syarat mendasar agar kehidupan berjalan dengan seimbang.

    ReplyDelete
  73. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Setiap manusia selalu menginginkan jalan hidup yang berlangsung dengan mulus. Namun sebenar-benarnya hidup adalah ketika kita mampu melewati segala rintangan yang diberikan oleh Allah dalam mejalani hidup. Dan sebenar-benarnya hidup adalah ketika kita bisa bijaksana dalam memadang setiap ketentuan yang telah ditakdirkan terhadap diri kita. Ketika kehidupan hanya berjalan mulus maka kita tidak akan tumbuh menjadi pribadi yang dewasa dan mandiri serta kita tidak mempunyai hasrat untuk belajar dalam memecahkan suatu persoalan hidup yang dihadapi, begitu juga jika hal ini terjadi pada diri siswa dalam belajar maka siswa tidak akan mempunyai motivasi belajar yang tinggi karena mereka akan merasa tidak memiliki tantangan yang bersifat membangun di dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran matematika yang diimplentasikan guru dikelas.

    ReplyDelete
  74. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Suatu tujuan atau misi bisa mulus apabila disertai dengan usaha dan doa/ tawakal. Kita berusaha sesuai dengan tujuan, memenuhi syarat-syaratnya, menaati aturannya, mencari kebaikannya. Jika usaha sudah maksimal maka yang dilakukan tinggal berdoa dengan rendah hati, khusyu, ikhlas, dan yakin akan dikabulkan. Sebagai seorang anak mulus dan tidaknya usaha kita juga ditentukan oleh ridho orangtua. Karena ridho Allah SWT tergantung pada ridho orang tua. Sebab itu kita harus berbakti kepada orang tua. Berperilaku dan tutur kata yang baik dan menyenangkan hati orang tua. Mendoakan bagi yang masih hidup maupun yang telah meninggal agar mengalir terus pahalanya. Apabila orang tua sudah ridho dengan apa yang hendak kitta perbuat, maka mulus lah jalan yang akan kita tempuh.

    ReplyDelete
  75. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Mulus adalah hidup yang didam-idamkan oleh setiap manusia. Mulus adalah kondisi yang sempurna dimana hal tersebut tidak mungkin terjadi dalam kehidupan. Manusia hanya berusaha untuk memuluskan jalan hidupnya. Manusia selalu berupaya agar hidupnya mendekati MULUS. Saya menganalogikan dengan baju yang yang setelah dijemur harus dimuluskan dengan setrika. Supaya baju layak pakai, lekukan-lekukan pada baju harus melewati panasnya sengatan setrika. Setelah itu baju menjadi halus, mulus, dan nyaman untuk dipakai. Seperti hidup kita, harus melalui berbagai halangan, rintangan, serta usaha dan kerja keras untuk mencapai hidup yang mulus. Hidup yang mulus bukan terjadi begitu saja, melainkan ada semangat, doa, dan kerja keras untuk mencapainya.

    ReplyDelete
  76. Metia Novianti
    17709251021
    P.Mat A S2 2017

    Sebagai manusia, dalam menjalani hidup pasti ada kalanya kita menghadapi cobaan. Cobaan-cobaan yang datang menjadikan hidup kita tidak mulus. Setiap orang memaknai mulus berbeda-beda, ada yang menyukainya ada pula yang menghindarinya. Namun, ketika kita memaknainya sebagai teguran atau bahkan sebagai bentuk kepedulian Allah SWT, maka kita dapat menghadapinya dengan ikhlas. Kemulusan hidup seseorang tergantung seberapa banyak doa dan seberapa besar usaha yang telah ia lakukan.

    ReplyDelete
  77. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Hidup yang lancar, mudah, mulus, dsb adalah keinginan setiap manusia di muka bumi ini. Namun apakah manusia bisa memilih keinginan akan kehidupan tersebut? Ketika segala hal sudah dilakukan semaksimal dan sebaik mungkin di mata manusia, namun belum tentu seperti itu di hadapan Allah SWT. Allah SWT sudah menuliskan jalan hidup manusia dari awal hingga akhir. Apa yang manusia bisa lakukan agar hidupnya seperti yang ia inginkan (mulus) adalah berikhtiar dan selalu berdoa kepada Allah SWT. Ikhtiar yang dilakukan akan dilihat Allah SWT dan doa yang tulus ikhlas dari hambaNya insyaallah akan dikabulkan oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  78. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Jika ditinjau dari sisi arti, maka mulus memiliki berbagai pengertian. Sesuai dengan konteksnya. Namun disini mulus yang dimaksud adalah sesuatu yang berjalan sesuai dengan alurnya, artinya ia sesuai dengan yang diharapkan. Namun lebih dari itu alngkah baiknya sebagai manusi kita senantiasa menemp[atkan tuhan diatas segalanya, sehingga nantinya papun hal yang terjadi tidak sesuai dengan harapan, dapat diterima dengan baik.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  79. Junianto
    PM C
    17709251065

    Mulus merupakan kata yang bisa dipakai untuk berbagai kegunaan yang sangat bergantung dengan konteks. Dalam artikel ini mulus diartikan sebagai segala sesuatu yang mengandung kelancaran, kebaikan, kegembiraan, dll. Saya bisa pahami bahwa mulus disini dalam konteks kebaikan. Mulus juga bisa diartikan sebagai keadaan yang seimbang, harmonis, dan dapat dipercaya. Hal ini juga menunjukkan makna mulus dalam sudut pandang positif.

    ReplyDelete
  80. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Jika dilihat dari setiap definisi yang dikemukakan, ‘mulus’ memiliki arti yang beragam. Secara umum, dapat disimpulkan bahwa mulus disini bisa berkaitan dengan segala sesuatu yang mengandung kemudahan, kelancaran, kepatuhan, keselarasan, dll. Secara spiritual, mulus diartikan ketika kita menghadapi segala sesuatu dengan mudah (mulus) maupun sulit adalah kehendak dari Allah SWT. Artinya dalam pelaksanaannya, kita melakukan apa yang kita bisa dengan ikhtiar, doa, dan bertawakal kepada Allah. jadi apapun hasilnya kelak maka kita serahkan kepada Allah. karena jika sudah mendasarinya dengan karena-Nya maka proses yang sulit maupun mulus yang dilalui bisa kita ambil hikmahnya.

    ReplyDelete
  81. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Menurut saya mulus itu tidak cacat. Dalam kehidupan mulus memang memiliki banyak arti tergantung dari sudut pandang apa kita memandang. Misalkan mulus dari hal ketika kita sedang berusaha sesuatu. Pastinya kita berharap kerja kita mulus-mulus saja atau lancar-lancar saja. Setiap orang pasti pernah mengalami ketidakmulusan dalam berikhtiar, hal ini adalah ujian dari Allah kepada kita. Apakah kita layak naik derajatnya? Yang jelas, kita harus berusaha semaksimal mungkin dan tawakal kepada Allah. *Dibalik kesulitan pasti ada kemudahan*

    ReplyDelete
  82. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Kita sering sekali mendengan kata mulus. Jika kita mendengarnya makan pikiran kita akan langsung pada apa yang sering kita pahami tentang kata mulus itu sendiri. Mulus itu memiliki makna yang banyak bagi masing-masing orang. Jadi menurut saya, jika kita mengartikan makna mulus, maka kita tidak akan menemukan arti yang pas sekali jika dipadukan dengan keadaan atau suasana tiap individu tersebut.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  83. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Makna mulus tergantung konteks penggunaan dan tergantung persepsi yang kita miliki. Mulus dapat diartikan halus tanpa cacat. Mulus dalam kehidupan bisa dipandang sebagai kemudahan dalam segala urusan dan kepentingan. Salah satu ikhtiar dalam mencapainya dengan memohon dan berdoa kepada Allah.

    ReplyDelete
  84. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    mulus dapat diartikan banyak sekali sesuai dengan ruang dan waktu penggunaanya serta tergantung persepsi masing-masing,karena mulus satu dengan yang lain takarannya berbeda sehingga mulus sendiri itu bersifat relatif. pada hal inimulus diartikan pada keadaan untuk menunjukkan suatu kelancaran, keberhasilan, kemudahan dalam urusan atau kepentingan seseorang, mulus yang mempunyai makna positif dalampenggunaannya. mulus didapatkan dengan caraberusaha dan berdoa beriringan dalam pelaksanaannya sehingga Allah membantu kita dalam pengerjaannya.

    ReplyDelete
  85. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Manusia pastilah ingin memilikijalan hidup yang mulus. Hidup yang penuh keberhasilan dan kelancaran. Maka agar hidup kita mulus kita harus senantiasa berjalan di jalan Nya. Dengan berjalan di jalan Nya kita akan menyadari bahwa dalam menggapai kesuksesan dalam hidup ini membutuhkan niat, kerja keras, ketekunan, giat, saling bekerja sama, rajin, sabra, ikhlas, dan komponen-komponen potisitf lainnya. Maka keberhasilan itu diraih dengan melakukan hal-hal positif lainnya karena setiap perbuatan yang kita lakukan pada akhirnya akan kembali kepada kita.

    ReplyDelete
  86. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Mulus itu identic dengan sesuatu yang positif, walaupun mungkn tidak semuanya. Seperti misalnya proses perkuliahan berjalan dengan mulus, maka itu positif. Tapi jika disebutkan proses pencurian berlangsung mlus, maka itu buruk. Sebaik-baik mulus adalah yang dipadukan dengan hal-hal positif. Dan mulus yang tertinggi adalah mulus yang dipadukan dengan spiritual, yang dipadukan dengan ibadah kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  87. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Seperti pada artikel bapak yang berjudul terkejut, artikel ini memiliki amakna tersirat yang tidak jauh beda dari artikel tersebut. Sesuatu dapat dilihat dari beberapa sisi, dapat menjadi baik dan menjadi buruk. baik buruknya segala sesuatu tergantung dari konteks permasalahan yang ada, seperti yang telah dicontohkan di atas. terkejut dapat menjadi mematikan dan juga dapat menjadi obat bagi seseorang. apabila kita dapat menjadikan hal yang negatif menjadi kekuatan, maka kehidupan akan menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  88. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Mulus it tidak cacat, mulus itu tidak rusak, mulus itu lancar. Dalam kehidupan didunia ini tiadalah yang namanya mulus, apabila ada yang mulus, maka sebenar-benarnya mulus itu ada kadarnya. Kehidupan yang mulus adalah sesuatu yang diidam-idamkan setiap manusia. tetapi tiadalah hidup ini mulus, karena hidup ini adalah cobaan, ada kegagalan, dantidak selamanya lancar. Apabila kita pandang suatu benda yang mulus itu butuh engerjaan yang lama dan sulit. Seperti itulah kehidupan, jika ingin mulus di hari tua, maka kita harus bekerja keras dimasa muda.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  89. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Mulus dapat diartikan dengan berbagai macam keadaan. Ketika kendaraan dijalan halus, maka dikatakan jalannya mulus. Ketika sedang diajaln tanpa ada kendala, maka dikatakan bahwa keadannya mulus, dan lain sebagainya. maka dari itu dapat dikatakn bahwa mulus ini merupakan keadaan dimana seseorng merasakan suatu kenyaman tanpa adanya masalah yang membuat seseorng tersebut berusaha untuk menanginanya.

    ReplyDelete
  90. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  91. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah

    Mulus tanpa ada kendala dalam hidup merupakan suatu hal yang sepertinya tidak akan terjadi. Kehidupan yang merupakan rahasia Ilahi menyimpan banyak sekali misteri. Terkadang roda kehidupan berputar memaksa kita untuk terus berusaha menjaga posisi kita diatas roda tersebut. Hal tersebut tidak lah mudah, banyak hal kendala rintangan yang harus dihadapi. Sehingga kita harus belajar untuk mengkondisikan diri terhadap situasi apaun yang kita hadapai.

    ReplyDelete
  92. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Mulus dapat diartikan dengan lancar, tidak ada hambatan, tidak ada kecacatan, tidak ada kendala, dan sebagainya. Di dalam setiap kehidupan tentu memiliki jenjang kehidupan pula, setiap ada jenjang pastinya akan ada ujian yang diberikan. Tidak mungkin setiap jalan kehidupan manusia itu mulus tanpa hambatan sedikit pun, karena kehidupan itu bersifat siklik layaknya roda yang berputar.

    ReplyDelete
  93. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    mulus adalah timbal balik dar suatu aksi. bisa dikatakan bahw mulus adalah reaksi dari usaha dan doa. kemulusaan atau kelancaran menggapai sesuatu hanya akan terjadi atas izin Allah swt sehingga setiap usaha (ikhtiar) yang kita lakukan harus disertai dengan doa. selain itu hal yang menentukan kelancaran ini tak luput juga dari doa dan restu orang tua.

    ReplyDelete
  94. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Setelah membaca dari tulisan Bpk tentang makna mulus, saya berkesimpulan bahwa kata ‘mulus’ memiliki makna yang positif. Maksudnya jika seseorang ingin agar jalan kehidupannya selalu mulus atau masalah kehidupannya bisa berjalan/diselesaikan dengan mulus maka dia harus menjalankan sikap-sikap positif seperti senyum, senang, gembira, bersyukur, sehat, akrab, damai, tertib, tenang, berdoa, ikhtiar,ikhlas, giat berusaha, banyak latihan, rajin belajar, rajin bekerja, sabar, tawakal, tumakninah, semuanya agar semua urusan mulus. Selain contoh sikap diatas tentunya masih banyak lagi sikap-sikap yang harus dilakukan agar masalah bisa menjadi mulus tergantung dengan masalah yang dihadapi.

    ReplyDelete
  95. M. Zainudin
    16701261019
    PEP

    Kata "mulus" memiliki makna beragam tergantung dimaknai berdasarkan sudut pandang apa. Seseorang harus menguturakan sesuatu dengan lugas dan jelas agar tidak salah persepsi

    ReplyDelete
  96. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Doa*nya _mulus_ :
    _Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa_. Artinya: _Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah_
    Setiap manusia pasti selalu menginginkan untuk dapat hidup dengan mulus. Menginginkan apapun yang dikerjakan, dan apapun yang diharapkan akan selalu berjalan dengan mulus. Sehingga semua kunci dari keinginan-keinginan manusia tersebut dapat terlakasana jika kita mau berusaha dan berdoa. Sesuai dengan doa diatas, bahwa tidak ada yang akan membuat mudah semua urusan kecuali Allah. Karena tidak ada yang tidak mungkin di mata Allah, sehingga apapun yang terlihat sulit bagi manusia akan dimudahkan Allah jika kita mau berusaha dan berdoa. Ingat bahwa doa saja tidak akan menjadikan semuanya mudah, karema Allah tidak suka jika hambanya hanya meminta dengan doa dan hanya berpangku tangan. Maka dari itu usaha juga harus seimbang dengan doa agar semuanya dapat berjalan dengan mulus.

    ReplyDelete
  97. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Setiap manusia yang hidup di muka bumi menginginkan hidupnya mulus. Apapun yang diinginkan, apapun yang direncanakan semua sesuai dengan apa yang diharapkan. Namun terkadang, dalam hidup tidak semua berjalan dengan mulus. Manusia yang hidup di muka bumi pasti akan mendapatkan ujian dan cobaan dari Allah SWT. Sesuai dengan firman Allah SWT “Kamu sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu.” Ujian dan cobaan yang dihadapi oleh manusia pastinya dapat dilalui dengans senantiasa sabar, bertakwa dan berserah diri kepada Allah SWT. Terkadang pula apa yang kita inginkan dan harapkan tidak berjalan dengan mulus. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT “Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, sesungguhnya Allah amat mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.” Apapun yang kita inginkan, harapkan dan rencanakan senantiasa dilakukan dengan ikhtiar yang sungguh-sungguh dan senantiasa berdoa kepada Allah SWT. Apabila yang kita iginkan dan rencanakan tidak berjalan dengan mulus, ingatlah bahwa itu semua merupakan ketetapan terbaik dari Allah SWT. Allah Maha Mengetahui sedangkan kita tidak.

    ReplyDelete
  98. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Doanya mulus : 
    Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa. Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.
    Semua orang pasti mendambakan dan menginginkan kehidupan yang mulus. Kemudahan dan kesulitan yang kita jalani merupakan kehendakNya. Tidak ada suatu kemudahan kecuali kehendakNya dan Allah SWT akan menjadikan kesulitan menjadi mudah apabila berkehendak. Kita sebagai manusia wajib berikhtiar dan berdoa agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan hidup. Kelancaran dan kemudahan merupakan mulusnya hidup. Tapi tidak pernah ada hidup yang mulus tanpa adanya rintangan. Perlu berdoa dan berusaha agar kehidupan kita menjadi mulus.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  99. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Bismillah,
    اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

    dengan menyertakan doa dalam setiap urusan, mengutamakan Allah sebagai tameng dalam melakukan setiap kegiatan dapat melindungi manusia dari nafsu dan hal hal-hal lain yang membahayakan dirinya. Dengan kata lain, setiap urusan akan MULUS jika kita menyertakan Allah. Ketika kita sedang berikhtiar agar kegiatan yang kita lakukan terlaksana dengan baik, Allah ada bersama kita. Begitu pun ketika kita sudah menerima hasil yang kita peroleh atas usaha kita, baik itu hasil yang memuaskan maupun belum memuaskan kita harus qana’ah atau menerima dengan lapang dada. insyaAllah, Allah selalu memberi jalan kemudahan bagi hamba-hambanya yang ingin berusaha. Bapak mengungkapkan “MULUS” dengan sangat indah pada artikel ini. Saya sangat terbantu sehingga saya dapat menyadari bahwa yang mulus-mulus itu adalah Islam. Rosulullah telah mencontohkan setiap artian dari mulus yang terangkum dalam al qur’an dan sunnah-sunnahnya, baik itu mulus materi, formal, normative, trensenden, dll.

    ReplyDelete
  100. Endar Chrisdiyanto
    15301244011
    Pendidikan Matematika A 2015
    Terimaksih Prof, artikelnya sangat bermanfaat. Mulus merupakan proses yang dilakukaan dengan lancar dan juga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Setiap langkah yang dilakukan selalu sertakan Allah karena semua yang terjadi , yang dikerjakan akan mulus atas kehendak-Nya. Dalam doa mulus yang artinya Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah. Semua urusan dan tujauan akan dapat tercapai tujuannya jika diawali dengan berdoa dan dilakukan dengan lengkap.

    ReplyDelete
  101. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Dari artikel di atas saya dapat belajar bahwa ternyata ada berbagai macam makna mulus. Yangmana, dalam hal jalannya kehidupan kata mulus dapat diartikan sebagai kelancaran suatu aktivitas. Dan dalam menjalani aktivitas kehidupan tersebut tentunya tidak selamanya berjalan mulus sesuai dengan harapan. Namun, dengan adanya kekurang mulusan tersebut itulah tugas kita sebagai seorang manusia untuk terus belajar.

    ReplyDelete
  102. Puspitarani
    15301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    Terima kasih Bapak atas artikel tentang mulus yang sangat menambah pengetahuan saya. Mulus, biasanya yang terlintas dalam pikiran saya mengenai kata mulus itu adalah kulitnya mulus, wajahnya mulus, dan kehidupan tidak semulus dengan apa yang diharapkan. manusia boleh berharap, namun tetaplah Allah yang menentukan. apa yang terbaik untuk kita, belum tentu baik menurut Allah, dan sebaliknya apa yang baik menurut Allah belum tentu baik untuk kita. kehidupan kita seperti roda yang berjalan, terkadang roda itu berada di atas, di tengah dan di bawah. roda itu juga melewati banyak jalan, jalan yang berbatu, jalan yang aspal, jalan yang cor. oleh sabab itu tetaplah semangat untuk menjalani hidup walaupun sedang banyak berjalan di jalanan berbatu, yakinlah walau kita sendirian di muka bumi ini masih ada Allah tempat kita berharap, tempat kita meminta dan tempat kita untuk semua hal yang kita inginkan.

    ReplyDelete
  103. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    Pendidikan Matematika A 2015/S1
    15301241046
    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Salah satu hal yang sering di kaitkan dengan “mulus” adalah hidup. Semua manusia tentunya ingin hidupnya mulus dan jauh dari masalah. Akan tetapi, hidup tidak selalu mulus dan lancar, seperti roda, akan ada saatnya hidup berada di atas maupun di bawah. Karenanya, apapun yang terjadi dalam hidup kita harus senantiasa bersyukur dan mengingat Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  104. Febriana Putri Hutami
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241007
    Mulus adalah dambaan setiap orang. Termasuk jalan yang mulus dalam mencapai suatu tujuan. Padahal jalan yang mulus itu tidak akan terjadi. Karna pasti akan ada halangan dan rintangan dalam menuju suatu tujuan. Bahkan Allah pun akan selalu menguji hambanya dalam kesulitan maupun dalam kesenangan. Bahkan kesenangan pun adalah suatu rintangan. Untuk memudahkan dalam mencapai tujuan dan menghadapi rintangan perlu adanya usaha dan doa. Usaha dan doa ini harus seimbang. Harus dilakukan secara beriringan agar dapat memuluskan jalan kita menuju suatu tujuan.

    ReplyDelete
  105. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Tidak ada manusia yang menginginkan hidupnya tidak mulus, pasti setiap manusia menginginkan jalan hidup yang mulus. Mulus dan tidaknya jalan hidup tergantung dari kehendak Allah dan cara pandang orang tersebut dalam menjalani hidupnya. Sebagai manusia kita hanya dapat berikhtiar dan berdoa agar segala sesuatu yang kita jalani di kehidupan ini senantiasa diberi kemudahan dan kelancaran oleh-Nya. Sehingga keadaan apapun yang kita jalani di kehidupan ini jika mendasarinya dengan niat karena-Nya maka proses yang mulus dan tidak mulus itu dapat kita terima dengan ikhlas serta dapat diambil hikmahnya.

    ReplyDelete
  106. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    "Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa_. Artinya: _Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah"
    Setiap orang menginginkan jalan hidup yang mulus, artinya semua yang dia inginkan dapat tercapai dengan mudah. ada orang yang lancar dalam segala usahanya, dia berada di zona yang nyaman. ada juga orang yang sudah ikhtiar dan berdoa namun selalu ada rintangan dalam mencapai tujuannya. namun dengan kita mendapat rintangan, maka kita akan mampu berkembang lebih baik lagi. itu semua adalah kehendak dari ALLAH SWT. kita sebagai manusia, hanya bisa ikhlas dalam menjalaninya.

    ReplyDelete
  107. Alvi Khoirunnisak
    15301241012
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Setelah saya membaca artikel Bapak, saya mengartikan mulus sebagai suatu jalan yang kita bangun sendiri. Seberapa mulus jalan tersebut, tergantung atas usaha dan doa untuk memuluskan jalan tersebut.
    Jika akhirnya jalan yang kita bangun tidak mulus, kita tetap harus berjalan melewatinya dengan segenap doa agar kita tetap mencapai akhir dengan mulus (berhasil). Jangan melupakan Yang Maha Merajai agar kita dapat mencapai kemulusan tujuan hidup.

    ReplyDelete
  108. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Setiap orang pasti menginginkan jalan hidup yang mulus, tidak ada halangan atau rintangan untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Tetapi itu sesuatu hal yang mustahil. Ketika kita ingin mencapai suatu tujuan pastilah ada hambatan atau rintangan. Tugas kita adalah berikhtiar dan terus berdoa kepada Allah. Tentunya keduanya harus balance, usaha tanpa doa itu adalah kesombongan. Karena Allah lah yang berkehendak. Begitupun sebaliknya doa tanpa usaha juga akan sia-sia. Oleh karena itu agar kita bisa mencapai tujuan yang kita inginkan kita harus berusaha bersungguh-sungguh dan selalu berdoa kepada Allah.

    ReplyDelete
  109. Julialita Muhariani
    15301241004
    Pendidikan Matematika A 2015

    Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa mulus adalah keinginan semua orang. Setiap orang pasti ingin hidupnya berjalan mulus tanpa hambatan. Oleh karena itu, agar kehidupan kita berjalan mulus, maka kita harus banyak berikhtiar, kemudian berdoa serta bertawakal kepada Allah swt karena hanya atas izin Allah lah semuanya dapat berjalan dengan mulus.

    ReplyDelete
  110. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Dalam suatu perjalanan hidup, pastilah kita menginginkan kehidupan yang lancar tanpa adanya hambatan atau kesulitan. Dengan kata lain jalan yang dilalui itu mulus. Akan tetapi dalam jalannya proses kehidupan pastilah tidak selalu berjalan mulus, pasti ada kesulitan atau hambatan yang datang. Disitulah kita sebagai manusia harus berusaha agar kesulitan tersebut dapat dilalui tentunya dibarengi dengan ikhtiar dan doa karena jika Allah menghendaki maka kesulitan tersebut dapat menjadi mudah.

    ReplyDelete
  111. Rina Musannadah
    15301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Setelah membaca tulisan Bapak kali ini, saya jadi mengetahui ternyata satu kata mulus punya banyak sekali makna. Tentu semua orang mendambakan kehidupan yang mulus tanpa halangan ataupun rintangan. Namun sekiranya kemulusan dalam berbagai hal bergantung pada bagaimana sudut pandang seseorang terhadap kemulusan itu sendiri.
    Kemulusan dalam segala urusan tentu tidak datang dengan sendirinya, semuanya memerlukan usaha dan do’a. Setelah berusaha, kita tetap harus berdoa, karena hanya Allah lah yang memberikan kita kemulusan atas segala hal yang kita lakukan. Sebagaimana do’a yang dituliskan pada akhir tulisan ini, “Allohuma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj;alul hazna idzaa syi’ta sahlaa” yang artinya “Yaa Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

    ReplyDelete
  112. Lisfiyati Mukarromah
    15301241042
    Pendidikan Matematika A 2015
    Program S1
    Terimakasih Prof sudah mengajarkan makna kata mulus dari berbagai sudut pandang.
    Saya tertarik dengan salah satu psikologinya mulus yaitu apersepsi. Dalam psikologi belajar matematika, apersepsi menjadi hal yang sangat penting. Dengan adanya apersepsi, siswa bisa mengaitkan materi yang sedang dipelajarinya dengan materi yang sudah dipelajarinya terdahulu. Oleh karena itu apersepsi juga menjadikan mulusnya proses rantai kognitif siswa.

    ReplyDelete
  113. Intan Heryani Putri
    15301241011
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Mulus merupakan kata sifat. Ia dapat berarti:
    1 putih bersih misal: bulu kelinci yang putih bersih dapat dikatakan mulus
    2 halus tanpa cacat: mainan balok kayu yang halus, tidak ada kerusakan, dapat dikatakan mulus
    3 lancar, tidak ada halangan: jalanan lancar, tidak macet, tidak banyak kendaraan yang menghalangi, dapat dikatakan jalanan mulus. Atau acara berjalan mulus artinya acaranya berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.
    4 dapat berjalan baik.
    5 jujur, suci hati, tulus.
    (Sumber: artikata.com)

    ReplyDelete
  114. Farisa Yunilasari
    15301241025
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Mulus dapat diartikan dengan lancar tidak ada hambatan . Akan tetapi dalam kehidupan ini sangat mustahil jika mulus saja. Karena, sebenar-benarnya hidup adalah ketika kita bisa bijaksana dalam memadang setiap ketentuan yang telah ditakdirkan terhadap diri kita. Ketika kehidupan hanya berjalan mulus maka kita tidak akan tumbuh menjadi pribadi yang dewasa dan mandiri. Oleh sebab itu, syukurilah semua yang terjadi karena meskipun kehidupan kita tidak mulus pasti ada hikmah dibalik itu semua .

    ReplyDelete
  115. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Mulus berarti tidak ada kecacatan. Mulus berarti sesuai dengan apa yang direncanakan dan diharapkan. Setiap manusia pasti mendambakan dan menginginkan kehidupan, kegiatan atau keadaan yang mulus. Namun terkadang dalam hidup tidak semua berjalan dengan mulus. Setiap manusia pasti mendapat ujian dan cobaan masing-masing dari Allah swt. Semua yang terjadi di dunia ini atas kehendak dari Allah swt.
    Saya ingin menyoroti tulisan “doanya mulus : Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa. Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”
    Dalam tulisan tersebut bermakna bahwa setiap kemudahan pastilah datangnya dari Allah swt. Begitu pula dengan setiap kesulitan/kesedihan yang datang atas kehendak Allah swt, dan atas kehendakNYA pula kesedihan/kesulitan itu akan dipermudah oleh Allah swt kepada setiap hambaNYA. Hal tersebut juga sesuai dengan firman Allah SWT dalam ayat suci Al Quran surat Asy-Syarh ayat 5-6 yang artinya : Karena sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.
    Jika menginginkan kemulusan dalam hidup maka teruslah berusaha, berdoa dan berikhtiar kepadaNYA. Jika Allah meridhoinya maka IA akan mempermudahkan segalanya dan semua dikehendaki-NYA pula akan berjalan dengan mulus.

    ReplyDelete
  116. Siti Efiana
    15301241029
    S1- Pend.Mat I 2015

    Terima kasih artikelnya, Prof. Dari artikel ini saya mengetahui bahwa ada bermacam-macam arti mulus. Namun, secara garis besar mulus bermakna kelancaran, kemudahan, dan hal positif lainnya. Sebagai manusia, tentu saja ingin kehidupannya berjalan mulus, lancar tetapi kita harus menyadari bahwa hidup tidak selamanya seperti ini. Akan tetapi, seberapa buruk pun hal yang menimpa kita, kita harus tetap ikhlas akan ketentuan Allah karena Allah lah pencipta skenario hidup terbaik, paling baik, yakinlah pasti ada hikmah dibalik semua hal yang terjadi. Jangan lupa untuk terus berikhtiar dan bertawakal pada Allah.

    ReplyDelete
  117. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Mulus memiliki banyak arti. Mulus adalah sebuah intuisi. Setiap manusia memiliki arti mulus-nya masing-masing. Namun, setiap manusia pasti ingin agar setiap urusannya berjalan mulus. Nah, mulus tidaknya suatu urusan adalah tentang bagaimana usaha kita untuk meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan. Caranya adalah berusaha, bekerja keras, dan menajamkan kepekaan kita terhadap sekitar.

    ReplyDelete
  118. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Ketika mendengar atau membaca kata mulus yang terlintas adalah tidak terdapat halangan. Setiap orang dalam kehidupan pasti menginginkan kehidupan yang mulus, tidak ada beban dan permasalahan. Tetapi sepertinya tidak mungkin apabila dalam kehidupan tidak ada permasalahan. Apa yang baik menurut kita belum tentu baik menurut Tuhan, oleh karena itu dalam kehidupan Tuhan mengizinkan permasalahan-permasalahan terjadi yang bertujuan untuk menempa kita menjadi pribadi yang dewasa, yang bijak dalam menghadapi permasalahan, dan yang mengandalkan Tuhan dalam setiap detik kehidupan kita.

    ReplyDelete
  119. Isykarima Nur S
    15301241032
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Setiap orang tentunya menginginkan jalan yang mulus-mulus saja di hidupnya. Namun tidaklah keberhasilan dicapai dengan jalan yang selalu mulus. Hidup adalah tentang perjuangan. Semakin terjal perjuangan semakin berkesan pula hidup. Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

    ReplyDelete
  120. Rina Anggraeni
    15301241043
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Mulus dapat diartikan dengan banyak hal, tetapi menurut saya mulus merupakan kata sifat yang berarti lembut, tidak kasar, beraturan, lancar dan tidak ada hambatan atau masalah. Mulus dalam arti bekerja atau pekerjaannya mulus, berarti bekerja dengan baik, lancar dan tidak adanya hambatan. Mulus dalam arti wajahnya mulus, berarti wajahnya memiliki paras yang tidak banyak memiliki masalah pada wajah, seperti jerawat atau yang lainnya. Mulus dalam hal pendidikan menurut saya yaitu tidak ada hambatan dalam proses memajukan pendidikan.

    ReplyDelete
  121. Hartanti Siamah
    15301241017
    Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih prof atas artikel yang diberikan. Dari artikel tersebut dapat saya tarik kesimpulan bahwa semua orang ingin memiliki kehidupan yang mulus, ingin melakukan sesuatu dengan mulus, ingin mendaptkan hasil yang mulus. untuk memperoleh tersebut maka kita harus berusaha, bertawakal, berdoa kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  122. Amayda Ade Pramesti
    15301244012
    S1 Pend.Mat A 2015

    Mulusnya perjalanan hidup seseorang dibarengi dengan doa dan usaha yang diridoi oleh Allah. Allah akan mempermudah dan meridoi setiap langkah seseorang jika dia mau berusaha dengan maksimal dan berdoa dengan iklhas dan tulus. Allah akan mempermudah atau mempermulus jalan bagi orang yang berusaha,tawakal dan berdoa kepada-Nya hal ini sudah diterangkan dalam Al - Qur'an surah Thoha 25-28

    ReplyDelete
  123. Tico Miladina
    14301244014
    Pendidikan Matematika A

    Dengan penjabaran makna mulus di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa mulus dapat diartikan sebagai sesuatu yang lancar dan dapat berjalan baik, serta dapat dikaitkan sebagai kiasan dari ketulusan.

    ReplyDelete
  124. Sinta Mutiara Dewi
    15301241018
    S1-Pendidikan Matematika A 2015

    Setiap orang pasti menginginkan segala sesuatu yang mereka kerjakan berjalan dengan mulus, yang artinya semua berjalan lancar dan sukses tanpa suatu halangan apapun. Sesungguhnya tidaklah ada kemudahan bagi setiap orang kecuali Allah membuat mudah urusan mereka. Sehingga jika kita menghendaki kemudahan agar setiap urusan berjalan mulus, kita harus selalu berdoa kepada Allah SWT agar selalu diiberi kemudahan.

    ReplyDelete
  125. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Mulus berarti halus atau tanpa cacat, lancar atau tanpa hambatan, dan berjalan dengan baik. Dalam menjalani hidup, setiap orang pasti menginginkan segala urusan yang dikerjakan mulus atau lancar. Hal yang harus kita lakukan agar urusan kita dilancarkan oleh Allah adalah dengan melakukan upaya dengan selengkap mungkin, melakukan upaya semaksimal mungkin. Selain itu, kita tidak boleh lupa untuk selalu berdoa kepada Allah agar Allah ridho dengan urusan kita. Kita juga harus sabar, ikhlas, dan tawakal dalam berupaya agar urusan yang kita punya menjadi mulus. Tak lupa pula, urusan-urusan yang kita upayakan ini tentu saja merupakan urusan yang baik dan ada nilainya.

    ReplyDelete
  126. Zudhy Nur Alfian
    15301241035
    S1 Pendidikan Matematika 2015

    Dari artikel ini, kita tahu bahwasannya arti dari kata mulus itu ternyata memiliki banyak makna yang dapat kita kaji berdasarkan berbagai keadaan. Sebenarnya Mulus itu sendiri adalah ketika apa yang sudah direncanakan matang dan kenyataannya juga berjalan sesuai yang direncanakan, itu mulus. banyak orang yang menginginkan kehidupan yand dia jalani sesuai dengan yang dia rencanakan. akan tetapi sebenarnya yang direncanakan belum tentu menjadi yang terbaik. Sehingga kehidupan yang terbaik belum tentu mulus.

    ReplyDelete
  127. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Mulus bisa dikatakan bahwa segala sesuatu yang berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Setiap manusia, pasti ingin hidupnya berjalan mulus, lancar, tanpa hambatan dan rintangan. Namun terkadang, hidup manusia itu tidaklah mulus, pasti terdapat ujian dan rintangan. Ujian dan rintangan ini, pastinya akan dapat dilalui, karena Allah mengetahui kemampuan setiap hamba-Nya. Maka dari itu, manusia haruslah memohon dan berdoa kepada Allah agar setiap urusan yang akan dilakukan diberi kemudahan dan kelancaran.

    ReplyDelete
  128. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Menurut pemahaman saya, mulus dapat digambarkan sebagai suatu keadaan dimana ekspekstasi sama dengan realita yang terjadi. Kondisi mulus ini tentunya menjadi harapan semua orang, namun seringkali realita yang terjadi tidaklah sesuai dengan ekspektasi kita. Oleh karena itu diperlukan usaha yang maksimal yang diimbangi dengan doa dan berserah diri kepada Allah SWT agar dapat diberikan kemudahan serta kemulusan dalam setiap urusan.

    ReplyDelete
  129. Assalamualaikum wr.wb
    Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika 2018 Kls A

    Trimakasih sebelumnya Prof atas tulisannya berjudul "MULUS"
    Menurut pendapat saya setelah membaca tulisan tersebut bahwa makna mulus begitu banyak arti sesuai penempatan hakikat yang akan dipakai. MULUS dalam kehidupan sehari-hari adalah kehendak Allah SWT dalam menjawab setiap doa hambanya yang diiringi dengan Ikhtiyar seorang hamba secara continue serta hakikat mulus tersebut hanya bisa dirasakan oleh hamba tersebut sebagai wujud interpretasi seorang hamba dengan Tuhannya.

    ReplyDelete
  130. Seftika Anggraini
    18709251016
    PPs Pend. Matematika A 2018

    Yang saya pahami bahwa mulus atau lancar atau mudah urusan diperlukan suatu usaha, kerja yang dilakukan dengan senyum, ikhlas, berdoa, bersyukur, dan seterusnya. Namun, satu hal yang penting bahwa mulus itu terjadi karena kehendak Yang Maha Kuasa.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  131. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018

    Mulus, satu kata terdapat banyak makna bergantung dari mana kita memaknainya. Dari banyak makna mulus yang berbeda, kita dapat memahami dan menerima perbedaan dari sudut pandang sehingga kita perlu besyukur agar tidak lupa dengan pencipta kita yang selalu memberikan kenikmatan disetiap detiknya.

    ReplyDelete
  132. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Yanh saya pahami dalam kehidupan mulus dapat diartikan sebagai sesuatu yang berjalan seperti apa yang diharapkan dan tanpa hambatan. Namun ternyata kata mulus pun mengandung berbagai makna. Dalam kehidupanpun tentu saja tidak mungkin segala sesuatu berjalan mulus tentu akan ada rintangan atau hambatan agar kita sebagai manusia selalu berusaha menjadi lebih baik dan selalu mengingat Allah SWT sang pemberi kemudahan.

    ReplyDelete
  133. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb

    Dari postingan Pak Prof Marsigit tentang mulus, dapat saya simpulkan bahwa dari berbagai aspek mulus selalu memiliki arti positif. Mulus merupakan suatu capaian semua orang. Untuk mencapai mulus kita harus berusaha sekuat tenaga mengahadapi berbagai macam hambatan dan rintangan sehingga kita dapat mencapai mulus. Dari postingan tersebut juga menyadarkan saya mengenai mulus karena saya beranggapan bahwa suatu kegiatan dapat dikatakan mulus apabila dilakukan tanpa mengalami suatu hambatan apapun. Namun, hal itu ternyata sangat berkebalikan. Oleh karena itu, mulus sangat berkorelasi dengan usaha yang kita lakukan.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  134. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Beberapa pemaparan tentang mulus dalam bentuk akronim, sinonim, homonim, hiponim dan polisemi membawa saya mencari definisi dari kata mulus dalam KBBI antara lain adalah bersih, halus, lancar/tidak ada halangan, jujur/suci hati. Namun yang menjadi pertanyaan saya adalah apakah mulus(dalam hal ini lancar atau tidak ada halangan) dapat benar-benar kita capai dalam bidang pendidikan? Dan apakah yang harus dilakukan oleh pendidik? Sehingga dalam aspek pendidikan tercapai kata ideal seperti yang menjadi filsafat mulus.

    ReplyDelete
  135. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Mulus itu tidak terkejut prof (https://powermathematics.blogspot.com/2017/09/terkejut.html).
    Pimpinan bisa terkejut, Mahasiswa bisa terkejut, Orangtua bisa terkejut, dll bisa terkejut (kecuali rakyat) dan anti tesis dari terkejut adalah mulus. Sintesisnya adalah lancar, aman, terkendali, sesuai aturan, adil dll.

    ReplyDelete
  136. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Prof, mohon ijin bertanya.
    Bagaimana terkejutnya mulus?
    Apakah Mulus yang terkejut atau Terkejut yang mulus?

    ReplyDelete
  137. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Saya baru mengetahui bahwa definisi mulus tidak selamanya lancar. Mulus berarti lancar tanpa ada kendala, mulus berarti bersih, mulus berarti putih, mulus berati bagus tidak ada cacat. Definsi-definisi seperti itulah yang saya ketahui. Namun setelah membaca tulisan di atas ternyata arti kata mulus mengandung banyak filosofi dan begitu luas. Dapat diartikan dari berbagai segi aspek.

    ReplyDelete
  138. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Makna pertama yang terlintas dalam benak saya dari kata mulus berari lancar, tidak ada hambatan. Kata mulus dapat di tulis dalam banyak contoh kalimat. Dari segi tata bahasa, kata mulus juga dapat di dilihat dari banyak aspek. Sayangnya belum ada peribahasa yang dapat di buat dengan kata MULUS.

    ReplyDelete
  139. Bayuk Nusantara KR.J.T
    18701261006
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP)

    Mulus memiliki arti atau makna yang berbeda. Hanya satau kata saja bisa memiliki arti berbeda sesuai dengan wadahnya. Hal ini juga terjadi pada kata lain selain mulus. Banyak kata yang memiliki pengucapan yang sama tetapi memiliki makna yang berbeda. Begitu lah seharusnya kita berpikir. Ketika kita menemukan suatu gagasan, maka, jangan langsung menerjemahkan atau memberi makna karena makna yang kita pahami bisa saja tidak sesuai dengan makna yang seharusnya.

    ReplyDelete
  140. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Mulus menurut saya apabila ada rasa syukur dan keikhlasan dari dalam diri kita, bersyukur dengan apa yang kita miliki, ikhlas menerima keadaan dan situasi apapun, serta senantiasa mengamalkan do’a: “Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlaa”. Yang artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”. InsyaAllah seluruh kehidupan semesta ini berjalan mulus yaitu berjalan sesuai dengan yang dikehendaki-Nya.

    ReplyDelete
  141. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  142. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Setiap orang pasti menginginkan agar segala urusannya berjalan dengan mulus. Yang perlu dikhawatirkan adalah jika seseorang minta dipermulus melalui jalan pintas yang tidak semestinya.
    Semoga kita termasuk orang-orang yang meminta kemudahan hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa semata.

    ReplyDelete
  143. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Mulus memiliki banyak makna yang bergantung pada ruang dan waktu. Mulus bermakna sangat luas yang semuanya bermuara kepada kelancaran dan kemudahan. Setiap orang pasti menginginkan segala sesuatunya berjalan dengan mulus. Untuk bisa menggapai mulus, ada beberapa syarat yang telah dipaparkan dalam tulisan ini, yakni niat, doa, pengetahuan, ilmu, sikap, ikhtiar, ketrampilan,pengalaman, kerjasama, ikhlas, giat berusaha, banyak latihan, teman yang baik, rajin belajar, rajin bekerja, sabar, tawakal, tumakninah, dan yang paling utama adalah ijin Ridho dan Rahmat dari Allah. Terima kasih prof sudah berbagi tips untuk dapat menggapai mulus.

    ReplyDelete
  144. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Mulus itu sebuah impian bagi seseorang. Bahkan secara fisik orang sukanya mulus. Contohnya kulit yang mulus.
    Mulus itu tanpa hambatan, sehingga semuanya itu terasa "ngalir" saja. Apapun yang dikerjakan oleh seseorang memberikan hasil sesuai dengan ekpektasi atau keinginannya atau bahkan berjalan dengan yang ia sendiri rencanakan. Dan ini keinginan untuk banyak orang.
    Tetapi perlu disadari bahwa, mulus itu sebenarnya bagaimana kita bisa selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semua yang kita inginkan atau kita rencanakan, belum tentu baik bagi kita. Tetapi semua yang direncanakan oleh Tuhan, sudah pasti mendatangkan sukacita. Barangkali ada hal yang tidak mulus sesuai dengan standar kita, tetapi bagi standar Tuhan itu sangat mulus bagi kita. Dan ini akan dibuktikan dikemudian hari (masa depan) dimana kita benar-benar menikmati apa sesungguhnya mulus sesuai dengan standar Tuhan. Semuanya itu kita dasari dengan hidup yang selalu penuh syukur atas nikmat yang diberikan oleh-Nya.
    Salam cendekiawan, Prof.

    ReplyDelete
  145. Diana Prastiwi
    18709251004
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Kehidupan manusia memiliki fase naik dan fase turun. Fase mulus dan fase sulit. Untuk melancarkan segala urusan manusia harus mempunyai visi dan misi atau rencana terhadap kehidupannya. Mewujudkan visi dan misi tersebut dengan sungguh-sungguh, dengan keuletan, dengan keikhlasan dengan kegembiraan yang dilakukan terus menerus dan sesuai dengan aturan atau adab yang ada. Selanjutnya berserah diri kepada Allah. Barangkali dalam mewujudkan visi dan misi tersebut tidak berjalan mulus, maka diperlukan kesabaran dan ilmu, karena tidak ada kemudahan melainkan dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  146. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    MULUS - Make Ur Life : Useful & Successful
    Banyak hal yang harus kita lakukan agar hidup kita bermakna dan berhasil. Diawali dengan niat, berusaha, berdoa, bersyukur, menaati perintah-Nya, tawakal. Menginginkan sesuatu yang mulus tidak bisa instan bimsalabim langsung jadi. Kita capai dengan mengusahakan semaksimal mungkin, melakukan yang terbaik, dan mengerjakan dengan ikhlas. Namun perlu diingat, sehebat-hebatnya kita, semampu-mampunya kita, jangan pernah melupakan Sang Pencipta. Selalu sertakan Allah SWT dalam setiap langkah kita agar urusan kita dipermudah dan mulus.

    ReplyDelete
  147. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Pada tulisan ini saya bisa menyimpulkan bahwa MULUS adalah segala sesuatu yang diharapkan berjalan tanpa hambatan dan didukung dengan "berusaha" yang lengkap yaitu berusaha bekerja keras, berusaha dengan sabar, ikhlas dan tawakkal, berusaha meningkatkan kualitas diri, berusaha disertai ketaatan, dan yang paling penting adalah berusaha membujuk sang Pemilik kekuasaan dan Penentu tertinggi keMULUSAN hidup, Allah SWT lewat do'a. Do'a yang dianjurkan adalah :
    _Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa_. Artinya: _Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah_.

    ReplyDelete
  148. Samsul Arifin
    18701261007
    S3 PEP 2018

    Mulus sebuah kata sering dilontarkan untuk menggambarkan sesuatu tanpa cacat, nihilnya hambatan, tidak ada rintangan...semuanya lancar car car..
    Namun dibalik kata mulus, sebenarnya ada pembanding yang menyebabkan seseorang berkata mulus..seperti seseorang menemukan jalan yg rusak, bila menemukan jalan yg baik, rata..seseorang akan berkata jalannya mulus. termasuk pembanding dalam hal lain, tentunya yang bertentangan dgn pemahaman kata mulus tadi..
    Pada semua konteks kehidupan bermasyarakat & bernegara, kata mulus sering kali kita dengar temukan..
    Tak terkecuali urusan birokrasi..karena ribetnya urusan birokrasi, yg terkadang hrs menunggu lama, proses yng berbelit-belit dsb..kalimat yang mengandung kata mulus pun akan muncul..kalimat tersebut adalah: "Ada Fulus Semua Jadi Mulus"...

    ReplyDelete
  149. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    sinonim dan poliseminya MULUS hampir sama ya pak. berarti sinonim = polisemi.
    dimana:
    *Sinonim*nya _M U L U S_
    Adalah _halus, lembut, lancar, dst_ silahkan teruskan.
    *Polisemi* nya _mulus_
    Adalah _halus, lembut, lancar, dst.. _silahkan teruskan.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    ReplyDelete
  150. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Kulit yang mulus dan halus tentu butuh perawatan yang ekstra. Jika tidak pernah dirawat maka tidak akan baik hasilnya. Sama halnya sebuah rencana. Jika sebuah rencana ingin berjalan dengan mulus maka membutuhkan perencanaan yang matang dan seksama. Namun, kita tidak boleh lupa jika semua itu terjadi atas kehendak dari Allah. Seberapa besar usaha kita jika Allah tidak berkehendak maka tidak akan bisa terjadi.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  151. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Mulus berarti jujur dan suci hatinya. orangnya mulus berarti orangnya jujur, hatinya mulus. mulus bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Namun pada dasarnya perbuatan kita haruslah mulus agar tujuan yang kita rencanakan dapat mulus juga.

    ReplyDelete
  152. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu’alaikum wr wb
    Terimakasih banyak pak atas wawasan yang telah bapak berikan. Kata mulus seringkali kita artikan sebagai keadaan tanpa cacat, halus, lancar dan lainnya. Namun demikian setelah membaca dialog mengenai mulus, saya menjadi tahu bahwa satu kata ternyata mempunyai banyak arti, tergantung ruang dan tempatnya. Ruang dan tempat tentunya akan mempengaruhi penilaian terhadap suatu subyek dengan dasar yang berbeda, maka dari itu tinggal bagaimana kita menyikapi keragaman tersebut dapat dipahami dan diterima oleh kita.

    ReplyDelete
  153. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Dari dialog di atas kata mulus memiliki banyak arti. memuluskan berarti memudahkan, menggampangkan, meratakan, melancarkan dan lain sebagainya. Namun jika dicermati, inti atau makna dari kata mulus adalah suatu keadaan yang erat kaitannya dengan keberhasilan ataupun kelancaran dalam segala hal/ aspek kehidupan.

    ReplyDelete
  154. 18711261002
    S3 PEP

    Salam Hormat, Prof.
    Kata mulus juga berarti berjalan sesuai rencana manakala kata tersebut dikaitkan dengan program, kegiatan,atau suatu pekerjaan.

    ReplyDelete
  155. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Mulus yang dimaknai sebagai suatu kelancaran tidak serta merta datang atau terjadi dengan sendirinya. Akan tetap selalu ada usaha dan jerih payah dibalik kemulusan itu sendiri. Ada banyak komponen pendukung adanya kemulusan itu. Bahkan mungkin jauh sebelum kemulusan itu menjadi nyata ada yang disebut sebagai usaha yang terdiri dari visi, misi, rencana, program, dan sebagainya. Setelahnya ada pelaksanaan dan kemudian ada yang dinamakan refleksi dan evaluasi, serta tidak lupa ada doa disetiap prosesnya.

    ReplyDelete
  156. Aji Joko Budi Pramono
    PEP-S3 UNY
    18701261003
    Mulus mempunyai banyak sekali makna, tergantung pada situasi, kondisi, pernytaan, alibi dan sebagainya namun satu hal yang bisa di maknai secara hakiki bahwa mulus adalah jalan kemudahan yang di berikan ALLAH SWT kepada hambanya, apapun yang terjadi di dunia ini apabila ALLAH SWT menghendaki jalan mulus maka terjadilah mulus tersebut




































    ReplyDelete
  157. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Berdasarkan dialog diatas, "Mulus" sebenarnya memiliki banyak makna berdasarkan ruang lingkupnya masing-masing. Akan tetapi, terdapat satu kesamaan, yaitu bagaimana sesuatu berjalan dengan semestinya, seharusnya, dan sesuai takdirnya. Bahkan, jika ingin disimpulkan lebih luas lagi sebenarnya segala sesuatu di dunia ini berjalan dengan Mulus, yang membedakan hanyalah prosesnya, ada yang lurus ada yang belok, ada yang cepat ada yang lambat dll.

    Wassalamu'alaikum Wr Wb.

    ReplyDelete
  158. Hendra B.
    18701261008
    PEP-S3 2018

    ada Fulus semua mulus.
    *pandangan sebagian birokrat pemerintahan.

    ReplyDelete
  159. Hendra B.
    18701261008
    PEP-S3 2018

    ada Fulus semua mulus.
    *pandangan sebagian birokrat pemerintahan.

    ReplyDelete
  160. Desi Nurwidawati
    18701261009
    S3 PEP 2018

    Mulus dapat diartikan lancar tanpa kendala. Mulus, tanpa kendala atau tanpa halangan adalah harapan semua orang dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidaklah dipungkiri dalam hidup kita sering menemui sesuatu yang tidak kita harapkan atau tidk mulus. Mulus dapat membuat orang gembira karena apa yang diharapkan sesuai dengan kenyataannya. tepati tidak mulus bisa membuat orang kecewa dan introspeksi kenapa kenyataan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tetapi tidak mulus dapat disikapi positif dengan mendekatkan diri pada Alloh Subbahahu wa Taallah. Karena tidak mulus kita bersandar kepada sang Khaliq yang mengetahui semua hal yang terbaik untuk kita.

    ReplyDelete
  161. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B

    Setiap orang pasti selalu mengidam-idamkan kemulusan dalam kegiatannya. Namun, pada kenyataannya tidak semua hal daoat berjalan mulus sesuai dengan keinginan kita. Mulus memang membuat orang semakin bersemangat dan tidak mulus membuat orang kecewa tetapi mulus dan tidak mulus mengajarkan kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah dan senantiasa memperbaiki diri. Ketika mulus membuat kita berada di atas bersujudlah kepada Allah sebagai wujud rasa syukur, ketika tidak mulus membuat kita berada di bawah bersujudlah sebagai wujud rasa ingin memperbaiki diri.

    ReplyDelete
  162. Ningrum Perwitasari
    18706261002
    Dikdas S3 2018

    Mulus, ternyata satu kata bisa berjuta makna tergantung cara pandangnya, dengan penyampaian smart, menggelikan, serius, bermakna dan diakhiri dengan doa. Pemaknaan kata mulus ini saja sudah menggambarkan, jika ada satu kata, namun dipandang orang dari berbagai sisi, toh semua benar, mulus dari segi filsafat misalkan, ideal katakanlah. Semoga perjalanan mata kuliah Filsafat Pendidikan berjalan mulus, dimudahkan dan dilancarkan serta terus inspiratif semacam ini, terima kasih Prof....

    ReplyDelete
  163. Ady Ferdian Noor
    DikDas S3
    18706261004

    Tak terbayang isi dari sekilas judul ini muncul dalam daftar tulisan Prof Marsigit..prediksi saya bahwa beliau akan menulis panjang lebar tentang mulus dideskripsikan dengan luas dari berbagai teori maupun fakta dilapangan baik data kuantitaitf maupun kualitatif tetapi beliau malah menulis deskripsinya begitu indah sederhana tapi maknanya sangat mendalam...

    ReplyDelete
  164. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Terimakasih banyak Bapak Prof. Marsigit atas ilmunya. Sesuatu yang mulus pada hakikatnya adalah segala sesuatu yang mendapat hidayah, inayah, sehingga dapat melakukan sesuatu dengan baik dan mudah, lancar, teratur, dan ajeg (istiqomah). Seperti tumakninah, sabar, tawakal, bersyukur, iklhas, dan berserah diri. Jika ada anggapan, dengan keimanan maka hidup dapat mulus tanpa mengalami kesusahan dan bencana, maka hal itu salah besar. Justru, semakin tinggi nilai keimanan seseorang, akan semakin berat cobaan yang Allah berikan. Hakikat hidup jauh dari yang diinginkan manusia pada umumnya. Hidup adalah sisi lain dari sebuah pendakian gunung yang tinggi, terjal, dan dikelilingi jurang. Di depan mata ada hujan dan badai, sementara di belakang terhampar jurang yang dalam. Selalu saja, hidup akan menawarkan pilihan-pilihan sulit. Semua itu kembali ke manusia masing-masing, apakah kita mampu untuk menaklukkannya.

    ReplyDelete
  165. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Mulus bukan berarti seseorang tidak melakukan sesuatu yang hebat. Bukan berarti tanpa rintangan. Karena dari makna kata mulus adalah tercapainya goal dari urusan kita. Suatu urusan berhasil dengan mulus itu pasti terdapat doa didalamnya. karena mulus tersebut adalah kerja keras yang kita lakukan dengan campur tangan Tuhan, maka tidak ada yang bisa tercapai tanpa adanya doa dan usaha didalamnya.

    ReplyDelete
  166. Woro Sri Hastuti
    18706261003
    DIKDAS S3 2018

    Terimakasih Prof... sederhana postingannya tetapi memberikan pandangan yang luas...
    ternyata mulus dari berbagai perspektif memiiki makna yang berbeda.. dan mulus digunakan dalam konteks yang berbeda memiliki makna yang berbeda pula...

    ReplyDelete
  167. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum W.W
    Mendengar kata mulus, pikiran kemudian melayang-layang bahwa mulus bisa berarti banyak hal.Seperti mulus dalam perjalanan hidup,mulus dalam mengerjakan suatu hal, mulus kulit tubuh,mulus hasil lukisan, dan mulus yang lainnya. Semua ini tergantung dari cara pandang kita dan bagaimana kita menggunakannya.
    Wassalamualaikum W.W

    ReplyDelete
  168. Cahya mar'a saliha sumantri
    18709251034
    PPs Pendidikan Matematika B 2018

    Membaca judul "mulus" menjadikan saya berpikir yang tidak biasa. Setelah membaca berbagai arti dari maksud ditulisnya judul "mulus", ilmu tentang mulus semakin berkembang dilihat dari berbagai aspek yang telah tertulis di atas. Mulus itu rata, halus, tidak bergelombang, tidak berliku-liku, lancar juga, dan banyak lagi pendefinisiannya. Berarti, mulus boleh atau tidak dikatakan sempurna karena dari berbagai banyak arti kebanyakan mulus itu hampir mendekati "tidak ada celah" di dalamnya. Semua yang berhubungan dengan mulus dianggap baik, beruntung boleh dikatakan juga. BIla dikembalikan lagi, kesempurnaan hanya milik Allah SWT.

    ReplyDelete
  169. Septia ayu Pratiwi
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B

    Dialog diatas memberikan persepsi baru tentang arti kata mulus. Yang biasanya hanya dianggap sebagai kata sederhana, ternyata mulus menyimpan banyak makna. Biasanya kita terutama saya menganggap mulus sebagai ungkapan dari hal-hal yang telah berjalan dengan lancar. Namun ternyata kata mulus bisa lebih dari itu. Dan menjadi berbeda jika di ungkapkan dalam sudut pandang yang berbeda. Terima kasih prof. Marsigit untuk tulisan mulus yang menyiratkan banyak ilmu ini.

    ReplyDelete
  170. Janu Arlinwibowo
    PEP 2018

    Ada banyak sudut pandang, ada banyak makna, ada banyak tafsir, ada pula banyak hubungan. Otak manusia dapat berpikir macam-macam, tak hingga jumlahnya. Dengan demikian maka tidak sepantasnya kita menjadi kolot pada satu arti, karena bisa jadi dua hal berbeda memiliki penjelasan yang sama logisnya.

    ReplyDelete