Sep 25, 2017

*MULUS*



Oleh: Marsigit, UNY 16 Juli 2017


*Mbilung*:
Sekalian mumpung Semar sedang suka ngobrol. Sekarang tolong uraikan makna _mulus_ ?

*Semar*:
Oke kalau begitu. Simaklah berikut ini:

*Akronim*nya _mulus_:
Kalau saya anggap akronim _M U L U S_ _*M*udah *U*rusan *L*akukanlah *U*paya *S*elengkapnya._

*Sinonim*nya _M U L U S_
Adalah _halus, lembut, lancar, dst_ silahkan teruskan.

*Homonim*nya _M U L U S_,
Aku punya tetangga namanya _Eko Mulus_. Koperasi di desaku itu juga namanya _Mulus_.

*Homofon*nya _MULUS_ ,
Ah belum ketemu...mungkin tidak ada, jangan dipaksa.

*Hiponim*nya _mulus_ ,
Misal _urusan_ sebab saya bisa ngomong _urusan mulus_.

*Polisemi* nya _mulus_
Adalah _halus, lembut, lancar, dst.. _silahkan teruskan.

*Kohiponim* nya _mulus_ :
_Niat, doa, pengetahuan, ilmu, sikap, ikhtiar, ketrampilan, pengalaman, kerjasama, ikhlas, giat berusaha, banyak latihan, teman yang baik, rajin belajar, rajin bekerja, sabar, tawakal, tumakninah, ..._ semuanya agar semua urusan mulus.

*Awalan* beda dengan _mulus_:
fulus, tulus, bulus, dan lulus.

*Material*nya _mulus_ :
_senyum, senang, gembira, bersyukur, sehat, segar, akrab, damai, tertib, tenang, aman, berdoa, berbalas pantun, hadiah, penghargaan, pengakuan, pengertian, toleransi, pujian, syarat, niat, sikap, kemampuan, ketrampilan, pengalaman, tim adhoc, fgd, ... dst..._silahkan teruskan.

*Formal*nya _mulus_
_patuh, tertib, tata tertib, paraturan, janji, kesepakatan, taat, laporan baik, ... dst_ silahkan teruskan.

*Normatif*nya _mulus_ :
_selaras, harmoni, kontinyu, terus, sustain, dipercaya, zona nyaman, logis, logika, sebab akibat, akuntabel, seimbang, tenteram, damai, ... dst_ silahkan teruskan.

*Transenden*nya _mulus_:
_visi, misi, rencana, program, renstra, rkpt, evaluasi diri, refleksi, komunikasi, interaksi, partisipasi, brain storming, benchmarking, sosialisasi, kreatif, inovatif, cendekia, bernurani, mandiri.... dst_ silahkan teruskan.

*Psikologi* nya _mulus_:
_terhubung, pengantar, apersepsi, interkoneksi, stimulus respon, zpd, adopsi, adapsi, asimilasi, cooperatif, skema, skenario, proyeksi,...dst_ silahkan teruskan.

*Filsafatnya* nya _mulus_ :
_ada, mengada, pengada, hormoni, kenyataan, ideal, hermenitika, fenomenologi, abstraksi, reduksi, ontologi, epistemologi, aksiologi, .... dst_silahkan teruskan.

*Spiritual*nya _mulus_:
_hidayah, inayah, tumakninah, sabar, tawakal, bersyukur, ikhlas, berserah diri, berdoa, Ijin Ridlo dan Rahmat dari Alloh SWT, husnul khatimah, .... dst ..._silahkan teruskan.

*Doa*nya _mulus_ :
_Allohumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa_. Artinya: _Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah_.

*END*

18 comments:

  1. Restu Widhi Laksana
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251022
    Bismillahirrokhmanirrokhim
    Di artikel ini saya melihat pembahasan kata mulus berdasarkan intensifnya. Dimulai dari pengertian mulus secara material sampai pada spiritualnya bahkan hingga sampai pada doa. Setinggi-tingginya makna sebuah kata adalah doa. Maka berhati-hati dalam berkata karena setiap kata adalah doa.
    Penjabaran sebuah filsafat dapat dilakukan secara ekstensif yaitu cakupan luas dan intensif yang berbicara tentang tingkat kedalaman sebuah filsafat. Maka saya menyimpulkan bahwa artikel ini ditujukan untuk mengajarkan beberapa tingkatan pembahasan filsafat secara intensif.

    ReplyDelete
  2. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Mulus sebuah kata sering dilontarkan untuk menggambarkan sesuatu tanpa cacat, nihilnya hambatan, tidak ada rintangan...semuanya lancar car car..
    Namun dibalik kata mulus, sebenarnya ada pembanding yang menyebabkan seseorang berkata mulus..seperti seseorang menemukan jalan yg rusak, bila menemukan jalan yg baik, rata..seseorang akan berkata jalannya mulus. termasuk pembanding dalam hal lain, tentunya yang bertentangan dgn pemahaman kata mulus tadi..
    Pada semua konteks kehidupan bermasyarakat & bernegara, kata mulus sering kali kita dengar temukan..
    Tak terkecuali urusan birokrasi..karena ribetnya urusan birokrasi, yg terkadang hrs menunggu lama, proses yng berbelit-belit dsb..kalimat yang mengandung kata mulus pun akan muncul..kalimat tersebut adalah: "Ada Fulus Semua Jadi Mulus"...

    ReplyDelete
  3. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Dari penjabaran mulus di atas, saya memikirkan bahwa mulus abersifat relatif. Terkadang, orang lain menganggap jalan kita mulus, tetapi mereka tidak mengetahui kesulitan yang terjadi dalam proses tersebut. Oleh karena itu, saya menyimpulkan bahwa mulus sesungguhnya relatif untuk setiap orang.

    ReplyDelete
  4. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan tentang Mulus bahwa mulus termasuk kata yang multi definisi, sebab dapat digunakan untuk wacana yang berbeda, misalnya permukaan kulit yang mulus, wajahnya mulus tanpa jerawat, jalanannya mulus,perjalanan hidupnya mulus, Alahmdulillah urusanku berjalan dengan mulus, dsb. Akan tetapi pemaknaannya sama aja, bahwa tidak ada halangan atau tanpa noda atau bercak.

    ReplyDelete
  5. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat 2018

    Mulus memiliki banyak definisi, sesuai dengan ruang dan waktunya. Mulus dapat bermakna kata mulus atau yang biasa kita kenal sebagai lancar urusan. Suatu urusan lancar atau berhasil dengan mulus itu ada usaha dan doa didalamnya, karena mulus tersebut ada karena kerja keras yang dilakukan sebelumnya sehingga pada suatu titik dimana kita menganggap itu mulus tersebut adalah kerja keras yang kita lakukan dengan bantuan Allah didalamnya sehingga tidak ada yang bisa tercapai tanpa adanya doa dan usaha didalamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
      Besse Rahmi Alimin
      18709251039
      s2 Pendidikan Matematika 2018

      Berdasarkan komentar Saudari Diana, bahwa dalam tulisannya mengilustrasikan mulus sebagai "Suatu urusan lancar atau berhasil dengan mulus itu ada usaha dan doa didalamnya, karena mulus tersebut ada karena kerja keras yang dilakukan sebelumnya sehingga pada suatu titik dimana kita menganggap itu mulus tersebut adalah kerja keras yang kita lakukan dengan bantuan Allah didalamnya sehingga tidak ada yang bisa tercapai tanpa adanya doa dan usaha didalamnya", dari pernyataan tersebut, sepertinya mengarah pada fase kehidupan.

      Delete
  6. Nurul Huda
    18701264005
    S3 PEP 2018
    Mulus dalam KBBI bermakna sangat plural. Mulai dari, putih bersih, halus, tanpa cacat, lancer tidak ada halangan, dapat berjalan baik, jujur, suci hati, tulus.

    ReplyDelete
  7. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Mulus bisa berarti tanpa hambatan. Mu;us bisa berarti tidak ada benjolan. Mulus bisa berarti tidak ada noda. Dan masih banyak lainnya yang dapat diungkapkan dengan kata mulus. Sesuatu yang mulus menjadi keinginan banyak orang atau malah semua orang. Mulus kulitnya juga pasti menjadi keinginan sebagia besar wanita. Mulus dalam segala usahanya merupakan keinginan dari semua pengusaha. Untuk menjadikan mulus segala urusannya merupakan salah satu upaya dari manusia. Tidak lupa juga doa yang selalu mengiringinya. Jika manusia terus berusaha dan berdoa maka apa yang diinginkan bisa berjalan dengan mulus. Semua itu tidak jauh karena ridho dari Allah SWT. Jika Allah sudah meridhoi, apapun yang diinginkan pasti akan terjadi. oleh karea itu, dekatkanlah dirimu kepada Allah selalu, karena tanpa ridhonya tidak akan bisa melakukan apapun. Semoga kita bisa menjadi orang-orang yang beruntung. Amiin.
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  8. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Assalamualaikum wr.wb.
    kata MULUS kita bisa banyak memahami dan juga membawa kita dalam imajinasi sebuah bentuk yang tidak ada cacatnya. karena dalam setiap pemahaman dan penggunaan kata tentunya ada bedanya dalam konteks penggunaan kata MULUS tersebut.
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  9. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Assalamualaikum wr.wb.
    dalam pembahasan kata mulus pada artikel ini kami lebih cenderung pada kata mulus dalam sepiritual, tentunya setiap dalam berdo'a kita meminta pada Alloh untuk di mudahkan segala urusan dan sebagainya, disini bisa dikatakan mulus dalam berdo'a.
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  10. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Problematika kehidupan pasti selalu hadir dalam hidup kita, karena hidup tidak selamanya mulus. Maksudnya adalah selalu ada hambatan atau masalah yang menghampiri kita, karena sudah menjadi kuadrat kita sebagai manusia dalam menjalani hidup. Nah, ketika kita dihadapkan suatu masalah maka hati dan pikiran kita harus dalam keadaan mulus. Semulus-mulusnya hidup seseorang pasti pernah merasakan dan melalui hambatan-hambatan yang dialami.

    ReplyDelete
  11. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Mulus bersifat relatif, artinya dapat mulus dapat diartikan sesuai dengan ruang dan waktu penggunaanya serta tergantung persepsi masing-masing,karena mulus satu dengan yang lain takarannya berbeda sehingga mulus sendiri itu bersifat relatif. Pada elegi tersebut mulus diartikan pada keadaan untuk menunjukkan suatu kelancaran, keberhasilan, kemudahan dalam urusan atau kepentingan seseorang, mulus yang mempunyai makna positif dalampenggunaannya. mulus didapatkan dengan caraberusaha dan berdoa beriringan dalam pelaksanaannya sehingga Allah membantu kita dalam pengerjaannya.

    ReplyDelete
  12. MULUS
    Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Segala sesuatu kegiatan manusia bisa jadi menjadi tersendat karena ada halangan dan bisa jadi lancar karena bebas halangan. Tidak hanya kegiatan manusia saja tetapi pikiran dalam otak manusia bisa tersendat karena bisa saja sedang tidak ingin berpikir, bisa tidak tersendat karena memang dipakai terus untuk berpikir. Begitu juga dengan aliran darah dalam tubuh manusia yang lancar karena faktor manusia yang rajin olahraga, makanan sehat, menjaga pola hidup. Peredaran darah bisa tersumbat bahkan berhenti bila manusia sendiri membuatnya seperti itu. Sehingga segala sesuatu dalam kehidupan ini ada faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung yang berakibat lancar atau mulus dan faktor penghambat membuat berhenti.

    ReplyDelete
  13. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Mnejadi sesuatu yang bisa memperlancar urusan orang lain merupakan tindakan baik. Mempermudah sama saja dengan memperlancar sama saja dengan mempemulus yang bertujuan agar segalanya menjadi mudah untuk dilakukan dan tidak menimbulkan kesulitan. Bisa jadi kerikil sekecil apapun akan menghambat jalannya semut sehingga bila dibuang kerikil itu , semut akan bisa berjalan kembali dan bisa membuka jalan bagi teman-temannya karena halangan di tengan jalan sudah teratasi. Inti dari mulu itu sendiri bisa dengan menggunakan pikiran kita yang dibiarkan terbuka agar bisa berpikir lebih luas dan bisa memperlancar segala pertanyaan yang meragukan.

    ReplyDelete
  14. Lukman
    18701264003
    S3 PEP 2018

    Di balik skenario Allah SWT ada rahasia yang terjangkau pikiran, tak terbayang oleh imajinasi. Apakah perjalanan hidup Nabi Yusuf As. mulus, lancar, dan mudah. Beliau As. kecil dibuang, remaja dijadikan budak, dewasa terpenjara, namun itu adalah persiapan untuk tugas kenabiannya. Maka...nyuwun sewu...doa mulus itu adalah bismillahi tawakkaltu alalloh la haula wala quwwata illa billahil 'aliyyil adzmim. Hasbunalloh wa nikmal wakil nikmal maula wanikman nashir.
    Terima kasih, wallohu A'lam.

    ReplyDelete
  15. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Hidup adalah suatu perjalanan. Dalam perjalanannya terdapat yang mulus seperti jalan tol namun juga ada yang terjal. Untuk meraih kemulusan dalam perjalanan tersebut diperlukan niat yang tulus dan pantang lelah dalam menjalaninya. Niat yang tulus bisa dilakukan dengan cara istiqomah. Istiqomah itulah yang bisa menjadi kontrol diri dalam menjalani perjalanan hidup. Kontrol tersebut menjadi prinsip hidup yang harus digenggam, dipegang bahkan untuk diamalkan. Mulus atau tidaknya perjalanan hidup tergantung kita dalam menggenggam prinsip hidup. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  16. mulus dalam kehidupan mempunyai banyak arti tergantung konteks. ada yang dimaknai dalam proses kelancran, ada yang dimaknai menunjukkan sifat benda, ada yang dimaknai sebagai bentuk sifat.orang yang selalau lancar dalam memperoleh keinginannya juga sering dikatakan mulus, bahakan ada yang menggunakan makna dalam proses menghadap Ilahi rabbi. makna ini perlu dimaknai yang baik supaya memancarkan aura yang baik pula. semakain kita mendekat kepada Tuhan dengan ibadah kita, maka semakain mulus kita mendapatkan apa ang diinginkan.

    ReplyDelete
  17. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Mulus mempunyai banyak arti tergantung arahnya dikemanakan, banyak orang yang memahami mulus adalah putih, ada yang memahami mulus adalah halus tanpa cacat, juga ada yang memahami mulus adalah lancar atau tidak ada halangan, dan banyak juga yang memahami mulus adalah tulus. Saya menyimpulkan bahwa mulus adalah tanpa adanya halangan untuk mencapai suatu tujuan yang kita hendaki atau inginkan.

    ReplyDelete