Nov 8, 2014

Teori Pengetahuan Menurut Immanuel Kant

Ass Wr Wb


Terdapat banyak Teori Pengetahuan; jumlahnya adalah sebanyak para Filsuf yang membuatnya.Kita dapat memelajari Teori Pengetahuan dari Aristoteles, Plato, Rene Descartes, David Hume, Immanuel Kant, Hilbert, Sir Bertrand Russell. Saya menemukan bahwa pada prinsipnya setiap aliran filsafat mempunyai Teori Pengetahuan nya masing-masing. Itulah juga sebuah tantangan bagi kita semua untuk memelajarinya.
Yang berikut adalah saya telah berhasil membuat peta atau diagram Teori Pengetahuannya Immanuel Kant. Tiadalah ada di tempat atau sumber lain diagram seperti itu yang ada, karena diagram tersebut memang semata-mata sayalah yang membuat berdasar sumber "the Critic of Pure Reason" nya Immanuel Kant.
Selamat menyimak.
Wss Wr Wb

                       Diagram dibuat oleh Marsigit berdasar Teori Pengetahuan Immanuel Kant

5 comments:

  1. Junianto
    17709251065
    PM C

    Saya belum bisa memahami secara menyeluruh dengan postingan ini prof. Namun, saya pernah membaca bahwa Immanuel Kant mengemukakan beberapa teori ilmu pengetahuan. Pertama, Teori a priori dan a posteriori. A priori adalah pengetahuan yang bersumber tidak dari pengalaman langsung, sedangkan a posteriori atau pengetahuan empirik adalah pengetahuan yang bersumber dari pengalaman. Kedua, Analitik dan Sintetik. Pengetahuan diformulasikan dalam bentuk putusan (judgement), ada putusan analitik yaitu putusan yang predikatnya ada di dalam subyek, dan putusan sintetik yaitu putusan yang predikatnya di luar subyek.

    ReplyDelete
  2. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Wr.Wb
    Terimakasih pak atas postingannya.
    Postingan ini adalah sebuah peta/diagram mengenai teori pengetahuan menurut Immanuel Kant yang dibuat oleh Prof. Dr. Marsigit,M.A. Menurut Prof , setiap filsuf bebas berpendapat. Jadi setiap filsuf mempunyai pendapat yang berbeda-beda mengenai teori pengetahuan. Perbedaan teori tersebut tidak ada yang salah, karena setiap orang bebas berfikir, berpendapat sesuai dengan pemikiran mereka. Jadi, jangan takut untuk berpendapat. Peta yang dibuat Prof akan menjadi alat bantu ketika kita ingin mengetahui teori pendidikan khususnya. Ide kreatif yang dibuat Prof, sehingga terciptalah peta/diagram di atas. Untuk sekarang ini saya belum benar benar bisa memahami menyeluruh, tapi saya dapat menyimpulkan secara keseluruhan dari peta yang bapak buat.

    ReplyDelete
  3. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Gambar tersebut mengungkapkan teori pengetahuan menurut Kant. Menurut Immanuel Kant, pemahaman atau pengetahuan dapat dibentuk melalui pengalaman yang digeneralisasikan dengan melibatkan intuisi. Kita merasakan objek melalui penginderaan, seperti indera penerima kita. Kemudian dengan menggunakan intuisi, kita dapat menterjemahkan pengalaman ke dalam pikiran dengan pemahaman. Aktivitas ini yang disebut sebagai penginderaan pemahaman. Menurut Kant, penginderaan pemahaman memiliki kategori-kategori untuk memudahkan kita dalam mempersepsi. Kategori tersebut terdiri dari 12 item yang menjadi syarat a priori, yaitu kuantitas (universal, particular, singular), kualitas (affirmative, negative, infinitive), relasi (categorical, hypothetical, disjunctive) dan modalitas (problematical, assertorical, apotidical).

    ReplyDelete
  4. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A 2017

    Menurut Imanuel Kant, sumber pengetahuan itu diperoleh tidak hanya dari satu unsur saja melainkan dari dua unsur yaitu pengalaman inderawi dan akal budi. Pengetahuan a-priori merupakan jenis pengetahuan yang datang lebih dulu sebelum dialami, seperti misalnya pengetahuan akan bahaya, sedangkan a-posteriori sebaliknya yaitu dialami dulu baru mengerti misalnya dalam menyelesaikan Rubix Cube. Kalau salah satunya saja yang dipakai misalnya hanya empirisme saja atau rasionalisme saja maka pengetahuan yang diperoleh tidaklah sempurna bahkan bisa berlawanan. Filsafat Kant menyebutkan bahwa pengetahuan merupakan gabungan (sintesis) antara keduanya. Dari diagram yang telah Bapak buat, maka terlihat gabungan diantara keduanya.

    ReplyDelete
  5. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Setelah saya mengamati gambar diagram yang dibuat oleh Prof Marsigit, saya memahami sedikit apa yang dimaksud diagram tersebut. Menurut Immanuel Kant (berdasarkan diagram di atas), ilmu pengetahuan bukanlah murni a priori, bukan pula murni a posteriori. A priori mementingkan ilmu dan kajian secara empiris, sedangkan a posteriori mementingkan pengetahuan. Tidak bisa disebut ilmu jika hanya berdasarkan pengetahuan tanpa pengalaman. Tidak bisa pula disebut ilmu jika hanya berdasarkan pengalaman, tanpa pengetahuan. Agar menjadi ilmu yang utuh, a priori dikombinasikan dengan a posteriori, yaitu dengan cara memperbanyak pengalaman dan bacaan (pengetahuan), namun dengan merasa rendah hati, sehingga dapat menerima kenyataan jikalau menghadapi situasi yang tidak sesuai dengan teori yang telah dipelajari. Karena tidak semua hal yang dipraktikkan akan sesuai dengan teori yang telah ada.

    ReplyDelete