Nov 2, 2014

Bagimana Meningkatkan Dimensi Notion Kita?

Oleh Marsigit



Kita dapat mengukur atau memosisikan seberapa kualitas Notion kita.



Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk Verbalnya, maka kita memeroleh apa yang disebut Utterances atau Ucapan.

Segala ungkapan, pernyataan atau kalimat kita dalam dialog baik secara lisan maupun tertulis, memunyai Dimensi.

Dimensi yang sering saya pikirkan adalah : Spiritual, Normatif, Formal, dan Material.

Tetapi itu sangat bersifat sederhana. Kita bisa menambah misalnya : Spiritual, Legal, Normatif, Formal, dan Material.

 Tetapi kita juga bisa menambah misalnya: Spiritual, Politik, Legal, Normatif, Formal dan Material.


Jika kita berfilsafat dengan tidak merujuk Pikiran para Filssuf, maka kualitas Notion kita belum mempunyai kriteria Normatif. Tetapi hanya baru bersifat hypothetical.


Hyphotetical merupakan tahap pertama metode berpikir dan biasanya dilakukan secara Common Sense (orang awam).

Untuk meningkatka kualitas Comment dan Notion anda dalam dialog/diskusi Filsafat anda dapat mencoba merefer Pikiran para Filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya.

Selamat meningkatkan kualitas Notion-notion.

Diagram berikut dapat dikembangkan secara kreatif sehingga dapat menuntun kita meningkatkan dimensi Notion kita.


Para Mahasiswa boleh membuat alternatif Dimensi sehingga kita semua dapat memeroleh khasanah pengetahuan yang lebih luas.

Peningkatan Dimensi Notion harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme. Karena Plagiarisme akan membakar habis semua krya-karya kita.

Notion yang terlalu singkat terancam untuk cenderung menjadi Reduksionisme; sedangkan Notion yang terlalu panjang tetapi kurang bermakna akan teramcam menjadi Rubish/Sampah.  Notion menuju Singkat berarti menuju Monisme; Notion menuju panjang berarti menuju Pluralime. Melalui Pluralisme/Dunia kita berusaha memaknai Spiritualisme/Monisme.

Diskusi bisa kita lanjutkan di dalam kelas Perkuliahan.


Add caption

34 comments:

  1. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Untuk meningkatkan dimensi notion, tentunya kita harus meningkatkan ilmu pengetahuan yang baru ke dalam diri kita. Selain meningkatkan kualitas Spiritual, Normatif, Formal, dan Material, kita bisa meningkatkan dimensi yang lainnya seperti dimensi Seni, Teknologi, Psikologi dan dimensi yang lainnya agar notion kita bisa meningkat dan kualitasnya bisa menjadi lebih baik lagi.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  2. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan artikel bagaimana meningkatkan dimensi notion kita, saya belajar bahwa notion adalah yang apa di dalam pikiran. Jika dalam pikiran kita diungkapkan secara verbal maka akan terjadi ucapan. Notion memiliki dimensi dari rendah ke tinggi yaitu material, formal, normatif, dan spiritual. Jika kita berfilsafat tetapi tidak sesuai dengan pikiran filsuf yang ada maka, notion bersifat hypothetical atau berpikiran biasa aja seperti orang awam.

    ReplyDelete
  3. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari gambar table yang disajikan dalam artikel, untuk meningkatakan kualitas notion. Kualitas notion dapat ditingkatkan dengan berusaha. Berusaha agar terhindar dari plagiarism yang akan merugikan karya-karya yang telah ada. Dalam table terdapat kualitas 1-dst yang mulai dari spiritual sampai material yang merupakan dimensi notion yang harus ditingkatkan kualitasnya. Notion yang terlalu pendek akan menjadi reduksionis dan notion terlalu Panjang akan menjadi sampah. sehingga perlu pengetahuan yang tepat agar dapat menyampaikan notion yang tepat juga.

    ReplyDelete
  4. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Nation adalah ungkapan yang terkait langsung dengan pikiran kita. Artinya komentar atau pendapat sesuai dengan hasil pemikiran kita sendiri. untuk mengembangkan dimensi nation kita masing-masing, tentunya kita tidak semata-mata hanya menggunakan hasil pemikiran sendiri saja, tetapi kita dapat menggunakan referensi dari hasil pemikiran para filsuf. Jadi, dalam mengembangkan nation kita masing-masing kita hendaknya mampu mengemukan hasil pemikiran sendiri tanpa mengutip pendapat orang lain secara langsung atau plagiat dan bisa gunakan referensi dari pemikiran para filsuf.

    ReplyDelete
  5. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Untuk meningkatkan dimensi notion, kita perlu ikhlas dalam bertindak dan cerdas dalam berpikir.
    Dalam mengkonstruk notion kita butuh kemampuan spritual seperti integritas, kejujuran, keikhlasan, kerendahan hati, dan landasan agama yang kuat agar tidak mudah tergoyahkan dengan berbagai perspektif pengetahuan yang beragam saat ini. Materialnya bernotion adalah berbagai sumber seperti buku, jurnal, artikel, termasuk blog ini adalah salah satu materialnya. Material blog ini terdiri dari ratusan komentar yang membutuhkan keikhlasan, keteguhan hati dan kemampuan berpikir kritis dalam memahaminya (keterkaitan spritual dan material). Untuk meningkatkan notion kita juga butuh pengalaman dalam menerapkan pengetahuan.

    ReplyDelete
  6. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Notion merupakan ungkapan atau pernyataan yang berkaitan langsung dengan pikiran. Notion mempunyai dimensi seperti dimensi spiritual, normatif, formal, dan material. Namun dimensi ini dapat dikembangkan lebih banyak dan kompleks lagi. Cara meningkatkan notion salah satunya bisa dengan belajar. kita bisa memahami sesuatu karena belajar, kita mendapatkan ilmu karena belajar, kita bisa menjadi yang terbaik karena belajar. Belajar bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Belajar tidak hanya dengan buku teks, tapi juga bisa melalui pengalaman seseorang. Belajar bisa dilakukan dengan banyak cara. Belajar akan membuat wawasan kita lebih luas dan dapat meningkatkan dimensi notion kita.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika B

    Saya sependapat dengan penyataan Prof. Marsigit tentang dimensi yang sering kita pikirkan yaitu spiritual, normative, formal, dan material. Manusia beragama pasti menganggap bahwa spiritual adalah kebutuhan. Normative, formal, dan material merupakan hal yang mendukung spiritualitas manusia. Banyak terjadi kejahatan di luar sana akibat tidak seimbangnya keempat hal tersbut. Dipicu dengan pengaruh lingkungan yang perkembangannya tidak optimal sehingga mengakibatkan seseorang melakukan tindakan yang tidak terpuji. Semakin kondusif lingkungan sekitar, semakin bertmbah dimensi notion kita. Faktor psikologis juga mempengaruhi perkembangan pemikiran seseorang. Keaadaan diri yang stabil membuat seseorang dapat berpikir logis dan kritis.

    ReplyDelete
  9. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Dimensi notion yang paling tinggi yaitu spiritual. Ketika kita ingin mencapai puncak tertinggi tidak akan hanya bisa dilakukan dengan belajar, menerapkan, dan mengamalkannya. Memahami suatu hal bisa hanya dilakukan sekali, namun ada juga yang harus melakukannya berkali-kali. Perlu kerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Orang belajar tidak akan bermakna jika tidak diiringi dengan mengaplikasikannya. Misalnya saja orang islam yang belajar tentang sholat. Ia tahu bagaimana cara-cara sholat tapi tidak mau melakukannya. Hal ini berarti dia hanya sekedar tau tapi belum bisa meningkatkan pengetahuannya tersebut pada jenjang dimensi yang lebih tinggi. Jika ingin mencapai dimensi yang tertinggi seperti spiritual perlu adanya praktik dan pebiasaan yang didasarkan atas kesadaran bahwa sebagai seorang muslim mempunyai kewajiban untuk sholat. Jadi tidak hanya sekedar tahu, tapi juga ikhlas dalam melakukannya. Hal ini akan lebih baik lagi jika kita berusaha untuk mengajarkan pada orang lain, terutama pada anak-anak yang baru belajar ilmu agama. Kebiasaan yang baik sejak dini dapat menjadikannya manusia yang lebih baik setelah dia dewasa.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  10. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Seperti yang bapak sampaikan sebelumnya bahwa notion merupakan segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Segala sesuatu yang kita ungkapkan atau kita suarakan tentunya memang berasal dari pikiran atau otak kita. Sehingga untuk meningkatkan dimensi notion, hendaknya kita lebih menambah wawasan, mempelajari hal-hal baru yang belum kita ketahui sebelumnya. Selain dengan belajar dan terus belajar, sebuah pengalaman juga bisa menjadi suatu pengetahuan atau sumber ilmu yang sangat baik bagi kita. Maka jangan takut untuk selalu mencoba hal-hal baru selagi masih sesuai dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  11. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dari artikel diatas, notion adalah ungkapan, pernyataan ataupun kalimat yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Sebagai mahasiswa sangat penting untuk meningkatkan dimensi notion kita, salah satu cara untuk meningkatkannya yaitu dengan rajin membaca. Dengan pemahaman yang luas dan merefer pada teori-teori maka akan mudahkan kita untuk berpendapat. Walalaupun demikian, terkadang apa yang dipikir kan sangat sulit untuk diucapkan, tetapi disini kita harus tetap belajar dan banyak membaca, dan berdoa sehingga sedikiti demi sedikit kualitas notion kita akan meningkat.

    ReplyDelete
  12. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Dari artikel di atas, dapat diketahui bahwa kita dapat meningkatkan kualitas notion kita dalam berfilsafat jika kita merujuk pada para filsuf. Saat ini, saya sendiri masih berada pada tahap hipotetikal karena komentar saya belum merujuk pada ucapan para filsuf. Hal ini sama dengan ketika kita ingin meningkatkan kemampuan literasi, maka, kita juga harus membaca buku yang dibutuhkan untuk kemudian menambah referensi kita.

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Notion adalah ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Sedangkan dimensi adalah tingkatan kualitas seseorang. Telah dijelaskan bahwa dimensi itu bisa dilihat dari spiritual, normative, formal, dan material. Ataupun bisa ditambahkan dengan aspek-aspek lain. Dari notion seseorang kita bisa tahu dimensi yang telah dicapai oleh orang tersebut. Maka notion itu bergantung pada dimensi yang telah dicapai oleh seseorang.

    ReplyDelete
  14. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Cara meningkatkan dimensi notion kita adalah dengan berusaha. Pada aspek spiritual yang bisa kita lakukan adalah dengan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Alloh, selalu bersyukur dan menerima dengan ikhlas atas nikmat dan takdir-Nya. Selain itu untuk meningkatkan kualitas notion kita harus selalu berusaha menambah berbagai pengetahuan, belajar mengikuti dan mengkritisi perkembangan pengetahuan serta belajar dari pengalaman baik pengalaman diri sendiri maupun orang lain. Sehingga pikiran kita akan berkembang seiring dengan bertambahnya ilmu dan pengalaman kita. Dengan hal-hal inilah diharapkan dimensi notion kita akan meningkat.

    ReplyDelete
  15. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Kebanyakan hal hal buruk yang kita temui maupun lakukan secara tidak sadar maupun sadar disebabkan oleh rasa egois dan kurang bersyukur atas nikmat dan karuniaNya kepada kita, hal tersebut akan menjerumuskan kita bahkan orang lain juga dalam perrbuatan yang merugi. Lisan dan perkataan yang kita utarakan pun terkadang tidak selamanya baik, karena manusia tidak akan pernah luput dari kesalahan. Maka dari itu, pikiran dan hati merupakan pangkal dari segala yang ada di diri kita. Apa yang hendak kita ucapkan sebaiknya dapat kita pikirkan terlebih dahulu, karena pada dasarnya perkataan atau ucapan adalah doa. Jangan sampai pula apa yang kita ucapkan tidak sesuai dengan kenyataan, hanya ‘tong kosong’. Sehingga, untuk dapat meningkatkan notion kita maka kita dapat meningkatkan kejernihan pikiran dan ketulusan hati kita untuk dapat menjadikannya sebagai ucapan yang baik

    ReplyDelete
  16. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Notion merupakan hal-hal yang berhubungan dengan pikiran. Meningkatkan kualitas spiritual yang dimiliki merupakan salah satu cara bagi kita untuk dapat meningkatkan sebuah notion. Spiritual merupakan sesuatu yang penting dalam meningkatkan kualitas kehidupan kita. Tanpa adanya spiritualistas yang baik dalam diri kita akan berakibat kepada perilaku yang kita lakukan. Perilaku yang akan kita lakukan cenderung berubah-ubah, tidak memiliki suatu pedoman yang jelas. Kemudian, cara lain yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan notion yaitu dengan cara selalu meningkatkan ilmu dan pengalaman yang kita miliki.

    ReplyDelete
  17. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Cara untuk meningkatkan dimensi notion adalah dengan merujuk pada pikiran-pikiran para filsuf. Dengan kata lain, kita harus semakin banyak membaca, agar semakin memperluas wawasan kita. Jika kita rajin membaca, maka pemahaman kita akan semakin meningkat sehingga ungkapan-ungkapan yang kita sampaikan dapat lebih bermakna.

    ReplyDelete
  18. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Notion adalah ungkapan yang berkaitan dengan pikiran kita. Dikatakan dalam elegi ini bahwa untuk meningkatkan notion adalah dengan menambah ilmu pengetahuan. Sedangkan dimensi berhubungan dnegan tingkatan yakni spiritual, normatif, formal dan material. Seperti yang selalu disampaikan oleh Pak Marsigit bahwa belajar filsafat adalah belajar pemikiran para filsuf. Maka ketika kita belajar filsafat tanpa mempelajari pemikiran para filsuf, maka kualiatas notion kita belum mempunyai kriteria normatif, hanya bersifat hypothecial.

    ReplyDelete
  19. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berdasarkan artikel diatas, notion adalah yang apa di dalam pikiranUntuk meningkatkan dimensi notion, maka kita harus meningkatkan ilmu pengetahuan kita. Peningkatan ilmu pengetahuan didapat apabila kita gemar membaca dan selalu berpikir kritis. 4 aspek penting dalam meningkatkan dimensi notion kita, yaitu spiritual, normatif, formal, dan material.

    ReplyDelete
  20. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Notion adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Berarti meningkatkan dimensi notion adalah meningkatkan kualitas ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Atau sederhananya mungkin meningkatkan kualitan argumen/pendapat kita. Untuk meningkatkan nation berarti kita harus meningkatkan kualitas pikiran kita. Maka, berpikirlah sesuatu yang hanya berguna untuk meningkatkan kualitas pikiran, jangan berpikiran hal-hal yang kurang bermanfaat bagi kualitas pikiran. Untuk itu agar nation kita meningkat kualitasnya maka perlu dibarengi dengan meningkatkan kualitas pengetahuan yang kita miliki, karena pengetahuan letaknya didalam pikiran maka dengan semakin berkualitasnnya pengetahuan yang kita miliki sama saja dengan meningkatnya kualitas nation kita.

    ReplyDelete
  21. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Meningkatkan dimensi notion adalah meningkatkan kualitas ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Pikiran kita, maka harus benar-benar orisinil dari dan diproses di otak kita masing-masing. Maka kegiatan plagiarisme merupakan tindakan yang berlawanan dengan kepentingan kita untuk meningkatkan dimensi nation. Kegiatan plagiarisme adalah kegiatan memplagiat, menjipak, mengambil atau mencuri karangan, pendapat dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Proses plagiarisme hanya menjiplak tanpa berpikir dan jika tidak berpikir bagaimana kemampuan nation kita akan meningkat? Maka kegiatan plagiarisme sangat dilarang karena selain berdosa, kemampuan nation kita tidak akan pernah meningkat.

    ReplyDelete
  22. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Dalam meningkatkan dimensi notion, kita perlu ikhlas dan cerdas dalam bertindak dan berpikir. Dalam membentuk notion, kita juga memerlukan kejujuran, keikhlasan, kerendahan hati, dan pondasi agama yang kokoh agar tidak mudah hanyut dalam berbagai perspektif pengetahuan yang beragam saat ini. Materialnya notion adalah berbagai sumber pengetahuan seperti journal, artikel, dan buku. Dalam membaca jurnal misalnya, membutuhkan keikhlasan dan kemampuan berpikir kritis dalam memahaminya.

    ReplyDelete
  23. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Pengertian notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Kita berfilsafat dengan merujuk Pikiran para filsuf-filsif yang ada. Pernyataan atau kalimat kita dalam dialog baik secara lisan maupun tertulis, mempunyai Dimensi yaitu Spiritual, Normatif, Formal, dan Material.

    ReplyDelete
  24. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita . Jika kita menekankan pada bentuk verbalnya, maka kita memperoleh apa yang disebut Ucapan. Jadi segala yang kita ucapkan sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu, baik dampak dan manfaatnya, karena mungkin akan ada seseorang yang terluka/sakit hati dengan ucapan kita walaupun kita tidak menyadarinya. Sehingga dalam mengucapkan sesuatu juga memperhatikan sopan santun.

    ReplyDelete
  25. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Notion merupakan gagasan yang belum terbentuk dengan baik, masih kabur, didasarkan pada perasaan, firasat, keyakinan atau kecenderungan sehingga gagasan ini tidak dihasilkan oleh pemikiran yang mendalam. Oleh karena itu, terdapat urgensi untuk meningkatkan dimensi notion agar kita termasuk orang-orang yang mau beruntung. Untuk meningkatkan dimensi notion ini, kita tidak boleh malas berpikir, berdoa, dan berusaha untuk mencapai pemaknaan tingkat tertinggi dari dimensi ini. Terus mencari pengetahuan dan memikirkannya sampai kita memperoleh hakikat tentang apa yang kita pikirkan. Sertakan keikhlasan untuk mencapainya.

    ReplyDelete
  26. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Saya sangat setuju untuk meningkatkan notion-notion kita adalah dengan rajin merujuk pada pemikiran-pemikiran para filsuf. Jika kita pasif, maka kita tidak akan memperoleh apa-apa. Istilah yang sering kita gunakan adalah menjemput bola. Kita tidak boleh pasif dalam meraih ilmu. Ilmu tidak akan datang kepada kita begitu saja, kita yang harus meraihnya dengan hati dan pikrian yang ikhlas.

    ReplyDelete
  27. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk Verbalnya, maka kita memeroleh apa yang disebut Utterances atau Ucapan. Lalu bagaimana kita meningkatkan notion kita saat bersilsafat?

    ReplyDelete
  28. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Berfilsafat tanpa membaca sama saja bohong. Jika kita hanya berfilsafat ala kadarnya saja, kita bisa dikatakan sebagai orang awam yang hanya asal komentar. Lalu untuk meningkatkan notion kita, kita perlu banyak membaca. Untuk meningkatkan notion dalam berfilsafat, kita perlu membaca pikiran-pikiran para filsuf. Jadi jika ingin pandai berfilsafat, membacalah.

    ReplyDelete
  29. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Notion merupakan segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran. Dapat dikatakan bahwa notion adalah hasil dari buah pikir manusia. Untuk meningkatkan notion setidaknya kita harus meningkatkan dimensi pikiran kita. Untuk meningkatkan hal tersebut, kita harus banyak-banyak membaca pikiran para filsuf, yaitu dengan membaca hasil-hasil karyanya. Namun, kita juga harus ingat, dalam meningkatkan notion, kita harus memahami tata cara merefer pikiran orang lain, jangan sampai kita melakukan plagiat. Selain itu notion juga tidak boleh terlalu singkat dan juga terlalu panjang.

    ReplyDelete
  30. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    dimensi dapat juga diartikan sebagai ruang lingkup bahasan pikiran manusia. Selain spiritual, normati, formal. Yang menjadi dimensi penting juga adalah pendidikan. Karena untuk mengembangkan dimensi pikiran dibutuhakan ilmu pengetahuan. Menurut john dewey progresif pendidikan dikembangkan berdasarkan aktivitas pembelajaran pada pengalaman yang harus dialami oleh peserta didik. Menurut dewey filsafat bertujuan untuk memperbaiki kehidupan manusia serta lingkungannya. Sehingga tugas filsafat adalah memberikan arahan bagi perbuatan nyata.

    ReplyDelete
  31. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Mempersilahkan kami mahasiswa untuk bertanya tentang filsafat adalah cara yang dapat membuat kami mahasiswa mengembangkan notion mahasiswa. Hal tersebut juga dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika yaitu dengan mepersilahkan siswa untuk bertanya sembari memberi pengantar atau membantu siswa melakukan apersepsi. Terkadang guru yang lebih banyak bertanya daripada siswa. Terimakasih

    ReplyDelete
  32. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ketika guru bertanya kebanyakan siswa diam saja. Siswa tidak mau mengungkapkan ketidaktahuan atau ketidakpahamannnya terkait pembelajaran matematika. Padahal Suatu keharusan bagi gu untuk mengetahui kebutuhan siswa. Untuk mengetahui kebutuhan siswa maka suatu keharusan bagi guru untuk membiasakan siswa mengungkapkan apa yang menjadi pertanyaan dalam pikirannya. semoga dengan demikian notion siswa juga dapat berkembang dengan baik. Terimakasih

    ReplyDelete
  33. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Meningkatkan kualitas notion/gagasan merupakan hal penting. Indonesia membutuhkan pemikiran, ide, gagasan yang dapat membangun bangsa kita tercinta. Untuk itu kita sebagai mahasiswa salh satunya perlu rajin membaca. Membaca refrensi-refrensi yang positif, untuk menambah wawasan kita.

    ReplyDelete
  34. Hendra B.
    18701261008
    PEP S3 2018

    untuk meningkatkan notion ibaratnya jika kita ingin mengisi botol yang penuh dengan air maka yang kita masukkan adalah air. Artinya adalah jika ingin meningkatkan notion maka kita harus menambah notion kita dengan notion notion yang lainnya ide, gagasan, dan hipotesis. maka saya setuju dengan tulisan di atas jika dikatakan halayang pertama dilakukan untuk meningkatkan notion adalah hypothetical

    ReplyDelete