Nov 2, 2014

Bagimana Meningkatkan Dimensi Notion Kita?

Oleh Marsigit



Kita dapat mengukur atau memosisikan seberapa kualitas Notion kita.



Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk Verbalnya, maka kita memeroleh apa yang disebut Utterances atau Ucapan.

Segala ungkapan, pernyataan atau kalimat kita dalam dialog baik secara lisan maupun tertulis, memunyai Dimensi.

Dimensi yang sering saya pikirkan adalah : Spiritual, Normatif, Formal, dan Material.

Tetapi itu sangat bersifat sederhana. Kita bisa menambah misalnya : Spiritual, Legal, Normatif, Formal, dan Material.

 Tetapi kita juga bisa menambah misalnya: Spiritual, Politik, Legal, Normatif, Formal dan Material.


Jika kita berfilsafat dengan tidak merujuk Pikiran para Filssuf, maka kualitas Notion kita belum mempunyai kriteria Normatif. Tetapi hanya baru bersifat hypothetical.


Hyphotetical merupakan tahap pertama metode berpikir dan biasanya dilakukan secara Common Sense (orang awam).

Untuk meningkatka kualitas Comment dan Notion anda dalam dialog/diskusi Filsafat anda dapat mencoba merefer Pikiran para Filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya.

Selamat meningkatkan kualitas Notion-notion.

Diagram berikut dapat dikembangkan secara kreatif sehingga dapat menuntun kita meningkatkan dimensi Notion kita.


Para Mahasiswa boleh membuat alternatif Dimensi sehingga kita semua dapat memeroleh khasanah pengetahuan yang lebih luas.

Peningkatan Dimensi Notion harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme. Karena Plagiarisme akan membakar habis semua krya-karya kita.

Notion yang terlalu singkat terancam untuk cenderung menjadi Reduksionisme; sedangkan Notion yang terlalu panjang tetapi kurang bermakna akan teramcam menjadi Rubish/Sampah.  Notion menuju Singkat berarti menuju Monisme; Notion menuju panjang berarti menuju Pluralime. Melalui Pluralisme/Dunia kita berusaha memaknai Spiritualisme/Monisme.

Diskusi bisa kita lanjutkan di dalam kelas Perkuliahan.


Add caption

128 comments:

  1. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Kualitas notion orang awam menurut pandangan para filsuf belumlah merujuk pada kriteria Normatif seperti yang ada dalam diri para filsuf, tetapi kualitas notion orang awam menurut para filsuf baru bersifat hypothetical. Yang merupakan tahap pertama metode berpikir dan biasanya dilakukan secara Common sense. Sebagai orang awam, kita perlu meningkatkan kualitas notion kita dengan mencoba memahami pemikiran para filsuf dari pandangan-pandangan yang dimilikinya. Peningkatan kualitas notion ini harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme karena Plagiarisme akan membakar habis semua karya-karya yang sudah kita miliki.

    ReplyDelete
  2. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Notion adalah hal yang berhubungan dengan pikiran dalam bentuk ucapan. Meningkatkan notion dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas spiritual, normatif, formal, dan material. Dan selanjutnya ialah rajin membaca seperti Membaca buku tentang bagaimana pemikiran para filsuf. Tetapi ingatlah semua itu yang paling berpengaruh ialah keaadan spiritualitas kita, karena dalam meningkatkan kualitas diri manusia jika tanpa spiritual yang seimbang kita akan sesat.

    ReplyDelete
  3. hyldha wafda mufida
    14301241026
    s1 pendidikan matematika a 2014

    notion adalah ungkapan yang berkaitan langsung dengan pemikiran. notion yang dimiliki oleh setiap mausia tentunya pada tingkatan dan kemampuan yang berbeda-beda. untuk itu, dalam meningkatkan notion setiap ndividu, tidak lepas dari kualitas spiritual, normatif, formal dan material.
    seperti pesan yang selalu prof. Marsigit sampaikan, kunci untuk meningkatkan hal itu adalah dengan baca baca dan baca. disamping itu, hal yang perlu digali lebih dalam dibandingkan yang lain adalah tentang kualitas spiritual, karena hal ini yang paling berpengaruh pada notion dan kehidupan kita.

    ReplyDelete
  4. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika
    Notion adalah semua ungkapan,pernyataan, kalimat yang terdapat dalam pikiran manusia yang dapat disampaikan baik secara lisan maupun tulisan yang mencakup berbagai dimensi yaitu Spiritual, Normatif, Formal, dan Material. Untuk meningkatkan notion yang kita miliki, kita dapat membiasakan diri kita dengan membaca berbagai sumber ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Notion merupakan ungkapan yang berhubungan langsung dengan pikiran kita dan setiap ungkapan yang keluar mempunyai dimensi. Untuk dapat meningkatkan notion dalam percakapan mengenai filsafat ilmu kita harus merujuk pada pendapat-pendapat para filsuf. Sama halnya dalam kehidupan sehari-hari, jika dalam sebuah percakapan atau dalam forum diskusi di dalam kelaspun demikian. Agar percakapan yang kita lakukan hidup maka kita harus mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang memadai agar dapat saling bertukar pemikiran dengan orang lain.

    ReplyDelete
  6. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Notion adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita, sehingga kualitas notion tergantung dari ilmu yang telah kita dikuasai. Setiap orang mempunyai notion yang berbeda-beda dan banyaknya notion itu sebanyak orang yang memikirkannya. Untuk meningkatkan notion, maka kita perlu memperbanyak membaca. Namun terkadang apa yang kita pikirkan, sulit untuk diungkapkan, disinilah terdapat proses notion.

    ReplyDelete
  7. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Perkuliahan dengan pak Marsigit merupakan hal yang baru bagi saya. Sehingga ketika pertama disuruh comment di blog pak Marsigit saya bingung harus menulis apa biar sesuai. Sampai sekarang juga masih bingung harus menulis yang sesuai dengan kriteria notion yang pas menurut pak Marsigit. Akhirnya saya putuskan untuk menulis filosofi saya sendiri. Karena pak Marsigit juga pernah menyatakan bahwa pada akhirnya filsafat adalah dirimu sendiri. Sehingga dengan comment di blog pak Marsigit ini, saya dapat mempertajam filosofi saya sendiri. Namun saya tidak dapat memastikan bahwa filosofi saya adalah murni filosofi saya sendiri. Bisa saja, pikiran saya terpengaruh pikiran pak Marigit, pikiran Ibnul Qayyim, pikiran Sufyan Ats Tsauri, pikiran Aristoteles, atau malah pikiran Plato.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Dan jika dituangkan dalam bentuk verbal disebut ucapan. Ucapan mempunyai tingkatan dimensi, mulai dari bawah material, formal, normatif, spiritual. Ucapan material yaitu ucapan berdasarkan pandangan tanpa didasarkan pada referensi, hanya hasil dari pemikiran kita saja. Ucapan formal yaitu ucapan yang terjadi di dalam masyarakat, diperlukan sopan dan santun dalam berucap. Ucapan yang didasarkan pada referensi yaitu ucapan normatif. Untuk membawa ucapan material ke normatif, kita bisa merujuk ke pemikiran-pemikiran para filsuf. Hal ini akan menghindarkan kita dari plagiarisme. Dan tingkatan paling tinggi adalah spiritual, inilah ucapan kita kepada Tuhan, dengan cara berdoa yang baik kita berdoa kepada-Nya.

    ReplyDelete
  9. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Notion bersifat spontan. Spontanitas pikiran kita ini dipengaruhi oleh referensi yang tersimpan di benak kita. Dengan membaca (merefer) pemikiran para filsuf kita berusaha membuat pikiran kita isomormorfis dengan pendapat filsuf tersebut dari berbagai dimensi baik spiritual, normatif, formal, material dan dimensi-dimensi lain mungkin ada.

    ReplyDelete
  10. Elli Susilawati
    16709251073
    PPs Pendidikan Matematika D 2016
    Untuk meningkatkan notion kita salah satu caranya adalah banyak membaca. Banyak membaca tuisan orang lain, pengalaman orang lain akan memberi pemikiran yang berkembang bagi kita. dalam filsafat, ada baiknya kita banyak membaca pikiran para filsuf untuk mengembangkan notion kita.

    ReplyDelete
  11. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika ditekankan pada bentuk verbalnya, maka diperoleh apa yang disebut ucapan. Nation memiliki dimensi yaitu : spiritual, normatif, formal, dan material. Untuk meningkatkan kualitas notion dapat dilakukan dengan merefer pikiran para filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya.

    ReplyDelete
  12. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Notion yang di dasari oleh pemikiran para filosof memang sangat penting. Namun menurut pemikiran saya itu berlaku untuk forum-forum resmi dan formal. Mario Teguh dalam mengimplementasikan notionnya menjadi suatu ucapan tetap enak didengar dan bisa masuk dihati para pemirsanya bahkan sangat memotivasi pemirsa yang menonton meskipun dia tidak mengutip kata-kata para filusuf dan hanya berdasarkan local genious. Meningkatkan dimensi nation berdasarkan empat dimensi yang telah disebutkan pastinya disesuaikan dengan kondisi ruang dan waktu. Jika dimensi nations dari segi material tentunya nations-ations yang berhubungan denga argumen-argumen kita terhadap fenomena dunia. Namun dari segi normatif dan formalitas tentunya beda lagi dimana argumen kita mesti resmi dan berbobot misalnya ketika di forum internasional seperti komprensi dan rapat yang berhadapan dengan para Dewa. Nations yang paling tinggi adalah nation dimensi Spiritual

    ReplyDelete
  13. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Jika kita membicarakan tentang notion maka akan berhubungan dengan pikiran kita secara langsung. Upaya kita dalam meningkatkan notion bisa dilakukan dengan berbagai cara dengan banyak membaca, memperluas pergaulan dan mempelajari hal-hal yang baru serta berdiskusi dengan banyak oang yang memiliki sudut pandang yang berbeda. Semakin banyak pengetahuan yang diperoleh maka harapannya semakin meningkat notion kita. Dimensi notion bersifatplural inialah yang diharapkan dapat membantu kita dalam memaknai dimensi notion yang lebih tinggi lagi. Dimensi notion tertinggi adalah spiritualisme.

    ReplyDelete
  14. Hening Carrysa
    14301241012
    Pendidikan Matematika A 2014

    Pikiran merupakan bagian dari nation, karena nation adalah segala ungkapan yang berkaitan dengan pikiran kita yang berdimensi spiritual, normatif, formal dan material. Kita dapat meningkatkan nation kita dengan cara memperbanyak referensi, bacalah dan pahamilah.

    ReplyDelete
  15. Zuharoh Yastara Anjani
    14301241025
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Notion merupakan hal yang masih sangat asing bagi saya. Dalam artikel ini dijelaskan bahwa notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Cara untuk meningkatkan notion adalah dengan terus belajar. Oleh karena itu, kita hendaknya membiasakan diri untuk ‘haus akan ilmu pengetahuan’ dengan memperkaya bacaan.

    ReplyDelete
  16. Untuk meningkatkan dimensi notion kita, upaya-upaya yang dapat kita lakukan adalah menyediakan waktu dengan menambah wawasan dan pengetahuan dengan membaca, aktivitas belajar ataupun berdiskusi dengan orang lain yang lebih berkompeten. Peningkatan dimensi secara bertahap akan meningkatkan dimensi notion kita. Belajar sepanjang hayat, belajar dimana saja dan kapan saja. Banyak membaca dan menuangkan ide.

    ReplyDelete
  17. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Notion adalah ungkapan langsung dari pikiran kita. Sehingga, setiap manusia pasti memiliki kualitas notion yang berbeda, tergantung pada pengetahuan yang diketahuinya. Karena notion berkaitan dengan pengetahuan, maka kita harus senantiasa memperbanyak membaca karena jika tanpa membaca (tanpa merujuk pada pikiran para filsuf) maka hanyalah suatu hypothetical.

    ReplyDelete
  18. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Notion diartikan sebagai segala ungkapan yang terkait langsung dengan pikiran. Oleh karena itu sebagai manusia kita harus selalu mengasah pikiran kita agar dapat meningkatkan dimensi notion kita. Salah satu caranya yaitu dengan terus belajar untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita, menerima perubahan positif sehingga dapat menghasilkan ide-ide dan mampu memecahkan masalah secara kreatif. Betapa mulianya kita manusia yang telah dianugrahkan pikiran oleh Allah SWT. Alangkah baiknya kita selalu menjaga dan mengembangkan pemikiran kita untuk menuju tujuan hidup.

    ReplyDelete
  19. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Salah satu cara untuk meningkatkan dimensi notion kita adalah dengan banyak membaca. Dalam diskusi filsafat ilmu jika ingin meningkatkan dimensi notion maka baca dan pahamilah pemikiran-pemikiran filsuf yang ada. Dimensi notion adalah sesuatu hal yang fleksibel, tidak hanya berpaku pada dimensi formal, spiritual, legal, normatif, dan masih banyak lagi yang lainnya. Meningkatkan dimensi notion sama dengan meningkatkan tingkat berpikir kritis kita.

    ReplyDelete
  20. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Marsigit yang telah berbagi tulisan tentang Bagaimana Meningkatkan Dimensi Notion Kita. Sejujurnya, saya sendiri baru mengetahui istilah Notion dari membaca artikel di atas. Dan sepemahaman saya dari apa yang telah saya baca di atas yaitu Notion merupakan segalah sesuatu yang dituangkan dari apa yang ada dalam pemikiran kita.

    ReplyDelete
  21. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menurut saya, untuk meningkatkan dimensi Notion Kita yaitu dengan banyak-banyak membaca referensi yang ada. Juga perlu membaca pendapat-pendapat para ahli. Hal itu juga untuk mencegah terjadinya plagiarisme yang mungkin saja tidak kita sadari.

    ReplyDelete
  22. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Terimakasih atas artikel di atas. Setiap membaca timbul beberapa pertanyaan namun dengan bijak telah dijawab pula oleh Bapak dalam artikel ini. Dan hal ini memotivasi saya untuk membuat sebuat notion atau tulisan yang baik pula.
    Namun terdapat beberapa hal yang mengganjal bagi saya yaitu mengenai “notion panjang” dan “notion pendek”. Di atas dikatakan bahawa “notion pendek” menuju monoisme yang berlabuh pada spiritual. Bukankah spritual itu merupakan sesuatu yang panjang. Bahkan hingga akhir hayat kita saja tak akan berhenti berhubungan dengan spiritual. Dan tak ada satu pun yang tahu kapan kita terbutus dengan spiritual. Hal ini karena spiritual adalah hidup yang abadi. Dan sebaliknya “notion panjang” menuju pluralisme yaitu dunia. Bukankah kehidupan atau urusan dunia itu hanya sementara. Hanya sepanjang umur kita. Saat kita sudah meninggal maka putuslah urusan kita dengan dunia. Tetapi mengapa dikatakan sebagai notion panjang?

    ReplyDelete
  23. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya baru saja mengenal istilah notion dalam tulisan di atas. Ternyata notion berasal dari bahasa Inggris yang berarti gagasan. Gagasan berarti apa yang kita ucapkan atau pendapat kita yang tentunya berasal dari pikiran kita. Sehingga, untuk meningkatkan dimensi notion kita, kita harus meningkatkan ilmu pengetahuan yang kita miliki, yaitu dengan cara banyak membaca, salah satunya dapat juga dengan membaca tulisan-tulisan di blog ini.

    ReplyDelete
  24. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Untuk mengutarakan gagasan (notion) yang berkaitan dengan filsafat, seharusnya terlebih dahulu membaca atau memahami tentang pemikiran para filsuf agar gagasan yang diutarakan dapat mencapai dimensi normatif, bukan hanya sekadar hipotesis.

    ReplyDelete
  25. Tahtalia
    14301241031
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    "Nation adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita". Seseorang sudah seharusnya mampu mengemas ungkapannya yang sesuai dengan pikiran tanpa melakukan hal-hal yang tidak pantas , hal tersebut sesuai dengan ungkapan "ajining diri ana ing lathi, ajining raga ana ing busana". Oleh karena itu, kita harus terus belajar dalam mengungkapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pikiran kita secara tepat.

    ReplyDelete
  26. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. pada artikel di atas dijelaskan bahwa notion merupakan segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Dalam berfilsafat terdapat aliran-aliran filsafat yang mungkin saja mempengaruhi pemikiran kita. Untuk meningktkan dimensi notion salah satunya ialah dengan memperbanyak membaca agar pikiran kita terbuka luas dan menambah wawasan.

    ReplyDelete
  27. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kita dapat meningkatkan dimensi notion kita dengan cara berpikir dan terus memperluas pengetahuan dengan memperbanyak membaca. Menurut saya, setiap orang dapat dibedakan dari sisi notion nya, bagaimana dia dapat berbicara dan mengeluarkan pendapat yang berbobot sesuai dengan ilmu yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  28. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Mengingat bahwa filsafat berbicara mengenai yang ada dan yang mungkin ada maka, tidak ada yang dapat membatasi pikiran kita, sehingga tidak ada yang bisa membatasi filsafat. Manusia itu mempunyai dimensi yang lengkap, yaitu dimensi material, spiritual, formal, dan normatif. Dirimu secara material adalah yang konkrit, dirimu secara formal adalah tulisanmu, dirimu secara normatif adalah pikiranmu dan dirimu secara spiritual adalah doamu.

    ReplyDelete
  29. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Notion kita dapat meningkat seiring dengan banyaknya buku bacaan karya filsuf. Notion yang merupakan gagasan yang terlintas dari pemikiran kita. ketika kita banyak membaca maka akan memperlebar wawasan kita, sehingga kita bisa menghasilkan sebuah pemikiran mendasar berdasarkan sumber bacaan kita mengenai buku-buku karya filsuf.

    ReplyDelete
  30. Muhammad Mufti Hanafi
    13301244005
    Pendidikan Matematika 2013

    Nation dari setiap mahasiswa di wujudkan melalui tulisan. Dalam subjek dan obyek comment blog Bp. Marsigit, maka nation masing-masing mahasiswa diwujudkan melalui komen-komen artikel. Hal ini menjadi pelajaran berharga dalam proses pembelajaran, sehingga nation siswa dapat terus di latih dan di koreksi. Nation siswa juga dapat diasah melalui nation pendapat-pendapat guru. Sekaligus menjadi motivasi guru dalam mengembangkan kualitas nationnya sehingga dapat menelurkan karya yang berkualitas.

    ReplyDelete
  31. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Pengertian notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk verbalnya, maka kita memperoleh apa yang disebut Ucapan. Jadi segala yang kita ucapkan sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu, baik dampak dan manfaatnya, karena mungkin akan ada seseorang yang terluka/sakit hati dengan ucapan kita walaupun kita tidak menyadarinya. Sehingga dalam mengucapkan sesuatu juga memperhatikan sopan santun.

    ReplyDelete
  32. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas informasi yang Bapak berikan, saya menjadi tahu bagaimana cara meningkatkan dimensi notion saya sendiri.

    ReplyDelete
  33. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Notion atau segala sesuatu yang berkaitan langsung dengan pikiran kita merupakan salah satu cerminan dari kita dalam bentuk ucapan. Karena apa yang kita ucapkan adalah sesuai dengan apa yang ada dalam diri kita. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika ucapan itu didahului dengan pemikiran agar terkontrol. Berpikir mengenai spiritual, normatif, formal, dan material dan di sesuaikan dengan ruang dan waktu kita dalam berucap.

    ReplyDelete
  34. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Misalnya dalam kehidupan bermasyarakat di satu tempat dan ditempat lain, pastilah berbeda normanya, kesopanan, materi yang diucapkan dalam waktu atau kesempatan yang berbeda. Bagaimana menempatkan diri dalam berucapan sangatlah penting untuk meningkatkan dimensi notion kita.

    ReplyDelete
  35. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Melalui postingan ini semoga dapat membantu kita dalam meningkatkan dimensi notion kita yang sering kali tergerus dengan pesatnya arus globalisasi. Terimakasih Prof. Marsigit atas ilmu yang dibagikan kepada kami semoga menjadi amal kebaikan beliau.

    ReplyDelete
  36. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Terimakasih banyak Pak, dari tulisan Bapak yang kami pelajari adalah dalam berfilsafat seyogyanya kita harus berhipotesis dulu, lalu kita mencari referensi baik yang mendukung maupun yang tidak mendukung (anti tesis) yang merupakan hasil pemikiran filsuf sebelumnya, tentunya dari sumber yang valid dan dengan melakukan citasi yang tepat agar terhindar dari plagiatisme. Setelah itu dilakukan sintesis dari segala apa yang telah didapat.

    Terimakasih banyak Pak.

    ReplyDelete
  37. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    Terimakasih Prof, berdasarkan postingan ini saya merasa sampai saat ini saya masih pada tahapan hypothetical, karena sampai saat ini pemikiran saya masih sebagaimana orang awam berpikir atau Common Sense, untuk itu saya perlu belajar lebih lagi atau merujuk pemikiran para filsuf agar bisa meningkatkan kriteria saya.

    ReplyDelete
  38. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Meningkatkan kualitas notion dapat dilakukan dengan menggunakan pemikiran para filsuf seperti Imanuel Kant, Descartes, Al Farabi, dan para filsuf lainnya. Saya menyadari pendapat yang muncul dari pemikiran saya hanyalah sebatas hipotesis. Hipotesis itu membutuhkan dukungan pemikiran-pemikiran filsuf terdahulu agar mengarah pada pemikiran yang normatif. Namun bisa saja notion kita terjebak pada reduksionisme, atau malah menjadi sampah karena terlalu panjang dan tidak bermakna. Seni mengkolaborasikan antara pendapat pribadi dengan pendapat para ahli harus selalu digali untuk meningkatkan dimensi notion kita.

    ReplyDelete
  39. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A

    Terima kasih Pak, dari tulisan ini saya menyadari bahwa dimensi notion saya baru bersifat hypothetical seperti orang awam pada umumnya. Untuk meningkatkan kualitas notion-notion tersebut dapat dilakukan dengan cara merefer pendapat-pendapat para filsuf, dan menghindari adanya plagiasi sesuai dengan pemaparan Bapak. Oleh karena itu saya berusaha lebih baik agar dapat meningkatkan kualitas saya.

    ReplyDelete
  40. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas sharingnya Pak. Dari artikel di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa selama kita belum menemukan referensi yang kuat dari para ahli, selayaknya kita tidak sembarang berbicara (uttarance). Karena pendapat kita itu masih sebatas berdimensi hipotetikal. Sudah selayaknya kita banyak membaca dan mengkaji pendapat para ahli sehingga dimensi notion kita naik tingkat menjadi formatif.

    ReplyDelete
  41. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Wr.WB
    Terimakasih pak postingannya. Postingan ini menggambarkan bahwa ketika kita berfilsafat namun pemikirannya belum seperti filsuf, berarti notion kita masih seperti orang awam. Dalam artian masih berpendapat seadanya. Untuk meningkatkan notion kita maka kita harus merefer pemikiran filsuf, atau merefer pendapat-pendapatnya. Dengan sering kita menelaah pemikiran dan pendapat filsuf maka pikiran kita akan terbuka dan notion kita semakin luas dan berkualitas.

    ReplyDelete
  42. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof
    Notion merupakan segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran. Dapat dikatakan bahwa notion adalah hasil dari buah pikir manusia. Untuk meningkatkan notion setidaknya kita harus meningkatkan dimensi pikiran kita. Untuk meningkatkan hal tersebut, kita harus banyak-banyak membaca pikiran para filsuf, yaitu dengan membaca hasil-hasil karyanya. Namun, kita juga harus ingat, dalam meningkatkan notion, kita harus memahami tata cara merefer pikiran orang lain, jangan sampai kita melakukan plagiat. Selain itu notion juga tidak boleh terlalu singkat dan juga terlalu panjang.

    ReplyDelete
  43. Junianto
    PM C
    17709251065

    Notion adalah segala sesuatu yang berkaitan langsung dengan pikiran, dan ketika kita menekankan pada verbal maka disebut Ucapan. Setiap orang pasti ingin berubah ke arah ang lebih baik. Begitu juga dengan notion tiap individu. Pasti mereka ingin meningkatkan notion, sehingga kemampuan pun menjadi bertamabah. Beberapa jenis dimensi dapat dijadikan bahan pemikiran, misalnya Spiritual, Politik, Legal, Normatif, Formal dan Material.

    ReplyDelete
  44. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Melalui artikel ini saya memahami bahwa untuk memberikan tanggapan terhadap suatu ilmu yang baru saja kita baca, kita perlu mencari referensi yang lebih luas terlebih dahulu, atau mempelajari dasar-dasarnya. Notion-notion yang kita miliki seyogyanya harus berpijak pada satu paham yang kita yakini, sehingga tidak menghasilkan pernyataan yang ambigu. Sejauh ini, dalam memberikan komentar saya hanya mengandalkan analisis singkat yang saya lakukan pada saat membaca artikel, sehingga notion saya masih bersifat common sense.

    ReplyDelete
  45. Arung Mega Ratna
    17709251049
    S2 Pend. Matematika C

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Notion adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Sehingga kualitas notion tergantung dengan ilmu yang telah dikuasai. Setiap orang mempunyai notion yang berbeda-beda dan banyaknya notion itu sebanyak orang yang memikirkannya. Untuk meningkatkan notion, maka banyaklah membaca dan membaca. Namun terkadang apa yang kita pikirkan, sulit untuk diungkapkan, disinilah terdapat proses notion.
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  46. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Berdasarkan tulisan Pak Prof. kali ini, saya mempelajari bahwa setiap kalimat dan ucapan yang diungkapkan oleh seseorang mempunyai kualitas masing-masing, tergantung bagaimana cara ia menyampaikan dan merujuk kalimat yang ia ucapkan tersebut. Terdapat dua kriteria kualitas ucapan seseorang yaitu kriteria normatif dan hypothetical.
    Saya menyadari kemampuan saya saat ini masih berada pada kriteria hypothetical. Untuk itu, secara tidak langsung ini menjadi cambukan tersendiri agar lebih banyak membaca sehingga mampu merefer pendapat-pendapat ahli untuk meningkatkan kualitas notion.

    ReplyDelete
  47. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Notion juga merupakan apa yang kita tulis dalam memberikan komentar pada beberapa artikel yang bapak tulis. Proses notion memang sangatlah sulit bagi mereka yang sedikit pengetahuan karena minimnya bacaan yang dikaji. Sehingga beberapa notion yang dituliskan tidak berlandaskan dan tidak memiliki makna. Karena pada dasarnya kita sedang memberikan pengetahuan kita yang merupakan pengetahuan subyektif. Sehingga agar kita dapat meningkatkan notion kita, seyogyanya kita selalu rajin membaca dan mencoba memberikan pendapat dengan dasar sehingga subyektivitas semakin berkurang dalam memberikan pendapat.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  48. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Notion Juga merupakan ungkapan dari hipotesis awal yang disajikan dalam bentuk tulisan. Untuk meningkatkan notion salah satunya adalah dengan banyak membaca baik artikel, paper, maupun buku yang merujuk pada ilmu filsafat, karena dalam berfilsafat secara tidak langsung kita melatih kemapuan verbal kita baik dalam bentuk ucapan maupun tulisan sehingga apa yang kita keluarkan dari pikiran kita bisa tersaji dalam bahasa yang sederhana tetapi terstruktur. Sehingga para responden akan lebih mudah dalam memahami dan memaknai setiap kata yang telah dirangkai di dalam pikiran kita.

    ReplyDelete
  49. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Waahh terimakasih sekali atas postingan ini (dan postingan-postingan yang lain). Benar-benar kali pertama. Apa itu notion? bagaimana mencapai notion yang berkualitas.

    Ternyata semua yang kita ucapkan tidak cukup pada tahap hipotetical saja, tidak boleh cukup melalui comon sense saja. Akan lebih normatif jika merujuk pendapat para filsuf. Dan ini juga membuat saya bingung, pak. Jadi "sebenar-benar filsafat adalah dirimu sendiri" tidak cukup nggih, Pak?

    ReplyDelete
  50. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Mengenai pembahasan notion ,sedikit dijelaskan tentang hypothetical.Dimana kita tahu bahwa hypothetical adalah jawaban spontan yang tidak merujuk pada sumber atau konsep sehingga jawabannya kurang memuaskan.Berkenaan dengan ini, di dalam pelajaran psikologi yang kami pelajari mengenai sifat impulsif pada anak-anak didik atau siswa.Dimana siswa, tersebut cenderung tergesa-gesa dan melakukan sesuatu tanpa pertimbangan yang matang, sehingga apa yang siswa lakukan tersebut jauh dari yang diharapkan.Terkait dengan paparan masalah tersebut,apakah ada hubungan antara sifat hypothetical dengan sifat impulsif menurut filsfat?,anaknda mohon penjelasannya.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  51. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Notion adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pikiran yang dalam bentuk verbal atau ucapan. Meningkatkan notion dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas spiritual, normatif, formal, dan material. Posisi spiritual sebagai hal yang sangat fundamental dalam meningkatkan kualitas diri manusia, karena tanpa spiritual yang bagus, perilaku seseorang akan tidak karuan. Cara-cara lain untuk meningkatkan notion adalah dengan terus menerus berfikir dan mencari ilmu-ilmu yang baru.

    ReplyDelete
  52. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Artikel yang sangat menarik, semoga
    dapat meningkatkan nation kita sehingga khazanah keilmuan kita semakin luas. Masalah yang sering dihadapi dalam meningkatkan dimensi nation adalah sering kali kita kebingungan dalam menyusun kata-kata agar terarah, bermakna dan menarik untuk dibaca atau didengar. Barangkali hal ini disebabkan kurangnya referensi atau bacaan yang dimiliki, selain itu referensi yang sudah dibaca juga sering kali menggunakan kata analog sehingga terkadang menimbulkan penafsiran yang berbeda dari maksud penulis bahkan terkadang tidak dapat dimengerti sama sekali.

    ReplyDelete
  53. Nama : I Nyoman Indhi Wiradika
    NIM : 17701251023
    Kelas : PEP B

    Notion merupakan dimensi yang penting bagi perkembangan wawasan kita. Untuk membangun notion yang normatif maka sangat penting untuk memahami pemikiran-pemikiran para filsuf. Bukan berarti kita meniru gaya berpikir filsuf secara mentah, melainkan ada usaha untuk merefer cara berpikir dan pendapat-pendapatnya. Sangat bermanaat, Semoga ketekunan dalam berpikir saya semakin baik sehingga terhindar dari gaya berpikir hypothetical dan dapat membentuk notion formatif.

    ReplyDelete
  54. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari sini saya dapat belajar tentang apa itu nation, yakni segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita, baik itu berupa ucapan maupun tulisan, termasuk komen yang kita sampaikan dalam blog ini. Dalam hal belajar filsafat untuk membentuk dan meningkatkan nation yang normatif, maka apa yang harus kita lakukan adalah dengan memahami pikiran para filsuf. Bagaimana caranya? Yakni dengan "baca, baca, dan baca" sumber-sumber bacaan atau referensi yang terkait dengan pemikiran para filsuf, dan blog ini adalah salah satunya. Dengan demikian, harapannya kita mampu meningkatkan nation kita untuk dapat mencapai kriteria normatif, bukan hanya sekadar hypotetical.

    ReplyDelete
  55. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terima kasih Pak atas postingan Bapak. Saya belajar tentang istilah “notion”. Ternyata hidup itu bukanlah sekedar hidup, tapi kita perlu juga meningkatkan apa yang dianugerahkan kepada kita dari Tuhan. Salah satunya adalah meningkatkan dimensi notion. Sampai saat ini cara berpikir saya masih sangat sederhana. Masih banyak hal yang harus saya lakukan dan saya usahakan untuk meningkatkan dimensi notion diantaranya dengan memperbanyak membaca dan belajar dari pemikiran para filsuf.
    Berdasarkan bacaan bahwa “notion yang terlalu singkat cenderung reduksionis dan terlalu panjang serta kurang bermakna terancam menjadi sampah” sehingga perlu usaha keras untuk menjadikan notion tersebut bisa sesuai dan pas dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  56. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Nation berarti segala sesuatu yang kita ungkapkan yang berdasarkan dari pemikiran kita. Dan ia memiliki dimensi dan tingkatan ataupun kualitas. Tidak mudah untuk dapat meningkatkan nation kita, karena untuk meningkatkan nation kita harus mampu berfikir secara filsafat, yang dalam artiannya kita harus mampu mempelajari pemikiran-pemikiran para filsuf. Jadi, segala uangkapan yang kita keluar yang hanya berdasarkan pemikiran kita saja dan belum berdasarkan normatif maka itu hanyalah bersifat hypothetical.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  57. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Terimakasih pak..
    Bedasarkan postingan bapak, saya masih berhypothetical karena tergolong common sense (orang awam) yang berpikir tanpa didasari oleh ahli Filsuf. Dalam berhipotesis sangatlah diperlukan pendapat para adli Filsuf agar kualitas notion meningkat. Setiap tesis kita akan diperkuat dengan adanya anti-tesis (pendapat ahli)sehingga tidak akan dikatakan common sense ataupun plagiat.

    ReplyDelete
  58. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Saya sangat setuju untuk meningkatkan notion-notion kita adalah dengan rajin merujuk pada pemikiran-pemikiran para filsuf. Jika kita pasif, maka kita tidak akan memperoleh apa-apa. Istilah yang sering kita gunakan adalah menjemput bola. Kita tidak boleh pasif dalam meraih ilmu. Ilmu tidak akan datang kepada kita begitu saja, kita yang harus meraihnya dengan hati dan pikrian yang ikhlas

    ReplyDelete
  59. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Terimakasih pak atas postingan ini. Kesadaran untuk meningkatkan notion itu ada dalam diri sendiri. Untuk meningkatkan notion dari hypothetical ke notion selanjutnya menurut tulisan bapak ini yaitu dengan banyak merujuk pada pemikiran-pemikiran para filsuf. Untuk memperoleh dan mempelajari bagaimana pemikiran para filsuf, tidak hanya mendengarkan materi yang disampaikan di forum formal. Namun, kita dapat memperoleh dan merujuk pemikiran filsuf dari apa yang ditulis, baik di media sosial maupun di buku. Artinya, kita jangan berhenti untuk membaca dan membaca.

    ReplyDelete
  60. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Salah satu upaya untuk meningkatkan dimensi notion kita adalah dengan mempelajari pemikiran-pemikiran para filsuf. Mempelajari pemikiran filsuf tidak sekedar mendapatkan mempelajari mengenai aliran filsuf tersebut. Tapi juga latar belakang munculnya aliran tersebut dan hubungannya dengan aliran sebelumnya. Aliran-aliran filsafat yang muncul terkadang merupakan penyempurnaan atas aliran filsafat sebelumnya, atau bias jadi merupakan anti tesis dari filsafat sebelumnya. Sehingga kita perlu mempelajarinya secara utuh dan tidak sepotong-sepotong. Membaca pemikiran-pemikiran para filsuf melalui buku-bukunya akan membantu kita dalam meningkatkan dimensi notion kita, sebagaimana yang sering Prof Marsigit sampaikan di kelas bahwa filsafatmu adalah apa yang kamu baca.

    ReplyDelete
  61. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Seperti pengertian filsafat yaitu pengalaman, sama halnya dengan cara menignkatkan notion. Notion dapat meningkat seiiring bertambahnya pengelaman. Pengalaman yang dibekali dan berpedoman dengan satu tumpu yaitu agama. Pengalaman terbentuk atas pengetahuan yang dibuat secara sengaja maupun tidak sengaja. Membaca dan mencari sumber-sumebr ilmu pengetahuan merupakan usaha untuk meningkatkan dimensi notion kita. Mengetahui sejarah, pendapat, dan pola pikir para filsuf juga memberikan suatu pengetahuan dan dampak yang besar bagi kehidupan kita sendiri. Jangan berhenti untuk meningkatkan dimensi notion yang kita punya.

    ReplyDelete
  62. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Ulasan yang sangat bermanfaat. Terima kasih Prof. Ulasan di atas dapat menjadi bahan refleksi bagi diri saya. Saya menyadari bahwa saat saya memberikan notion sejatinya saya berpeluang untuk terancam menjadi reduksionisme/rubish/hypothetical/monisme/pluralisme. Hal inilah yang menjadi rambu-rambu saya dalam memberikan notion. Namun, satu hal yang selalu saya tanamkan dalam diri jangan takut salah saat masih dalam proses belajar. Perasaan takut salah akan membuat saya tidak berani dalam memberikan notion. Bagi saya, penting juga untuk belajar dari kesalahan. Semoga saya diarahkan oleh Allah pada sikap hati-hati saat memberikan notion.

    ReplyDelete
  63. indah purnama sari
    17701251035
    PEP B 2017

    Terimakasih prof atas ilmu yang disampaikan melalui postingan ini. dari postingan ini saya mendapatkan pelajaran bahwa nation kita secara individu dalam dikembangkan melalui stimulus stimulus dari luar seperti membaca bacaan para filsuf, dan melalui pengalaman pengalam yang telah kita alami sahari-hari. semoga nation saya berkembang seiring berjalannya waktu pada ruang yang tepat dan sejalan lurus dengan perintah Allah SWT

    ReplyDelete
  64. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih Bapak melalui postingan ini saya menyadari bahwa komen yang buat tulis baru bersifat hipotetical. Selain itu juga bahwa ternyata segala sesuai yang kita ucapkan merupakan gambaran dimana dimensi kita. Oleh karena itu salah satu cara untuk meningkatkan dimensi kita adalah dengan baca dan baca sehingga akan bertambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita.

    ReplyDelete
  65. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Meningkatkan notion dalam hidup memiliki banyak cara diantaranya adalah dengan membaca, menulis, maupun melihat beragam berita ditelevisi. Dengan melakukan berbagai kegiatan tersebut dengan seiring waktu kita dapat meningkatkan notion kita terutama dalam kita menuntut ilmu pengetahuan disekolah ataupun dibangku perkuliahan.

    ReplyDelete
  66. Junianto
    PM C
    17709251065

    Sebagai pembelajar saya sepakat bahwa notion kita belum memiliki kriteria normatif dan masih bersifat common sense. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan notion dengan kriteria normatif maka perlu kita merujuk pada pendapat para ahli/ filsuf. Kualitas notion kita akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kita dalam merefer pendapat para ahli sebagaimana ketika kita melakukan penelitian. Maka dari itu, kita harus banyak membaca buku-buku tentang ilmu pengetahuan para ahli/ filsuf dunia.

    ReplyDelete
  67. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Ternyata orang awam yang berpikir secara common sense termasuk tahap hypotetical, yaitu belum merujuk pada pemikiran filsuf. Semakin banyak kita membaca pemikiran-pemikiran filsuf maka otomatis pikiran-pikiran kita akan terisi oleh pendapat atau teori mereka sehingga kualitas notion kita akan meningkat. Dalam membaca elegi-elegi bapak saya rasa juga bisa meningkatkan notion kita dalam berfilsafat.

    ReplyDelete
  68. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Saya sangat setuju untuk meningkatkan notion-notion kita adalah dengan rajin merujuk pada pemikiran-pemikiran para filsuf. Jika kita pasif, maka kita tidak akan memperoleh apa-apa. Istilah yang sering kita gunakan adalah menjemput bola. Kita tidak boleh pasif dalam meraih ilmu. Ilmu tidak akan datang kepada kita begitu saja, kita yang harus meraihnya dengan hati dan pikrian yang ikhlas

    ReplyDelete
  69. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Salah satu cara meningkatkan notion kita yaitu dengan membaca dan belajar. Perkuliahan nolisasi menyadarkan kita bahwa ilmu yang kita miliki masih sangat sedikit. Kita tidak boleh menyombongkan diri, karena kesombongan adalah akhir segalanya. Di dalam perkuliahan Bapak selalu mengatakan bahwa komenlah blog saya untuk mengampunan nilai anda. Ini secara tidak langsung untuk mendorong kita untuk selalu mau belajar dengan mambaca. Membaca membuat kita bisa melihat dari berbagai sudut pandang/prespektif kehidupan.

    ReplyDelete
  70. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Diskusi merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk menyampaikan pendapat, bertukar pikiran, bahkan mendapatkan pengetahuan yang belum diketahui. Saat berdiskusi seseorang akan semakin dapat meningkatkan cara mengkomunikasikan pendapatnya kepada orang lain. Orang tersebut juga dapat menyampaikan pengalamannnya atau pengetahuan secara lebih nyaman kepada temannya dari pada kepada gurunya. Karena mungkin saja terdapat faktor seseorang tidak berani menyampaikan pendapatnya dikarenakan tidak berani menyampaikan kepada gurunya.

    ReplyDelete
  71. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Notion, suatu kata yang baru saya kenal dan baru pertama kali saya tahu dari artikel di atas. Setiap orang memiliki dimensi notion yang berbeda-beda tergantung dari pengalamannya dan apa yang pernah dibacanya.

    ReplyDelete
  72. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Semakin luas wawasan dan pengalaman yang dimiliki seseorang maka akan semakin luas pula dimensi notion yang dimilikinya. Satu hal yang paling penting yang saya baca di artikel di atas adalah hindari plagiarisme, karena sehebat apapun karya seseorang tetapi sekali saja terkena kasus plagiarisme maka akan hancur karya-karya hebat itu.

    ReplyDelete
  73. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Berdasarkan tulisan di atas bahwa kualitas notion kita sebagai manusia adalah dengan banyak mencari yakni mencari ilmu dengan membaca, dialog dan melahirkan bahasa verbal berupa tulisan. Segala aspek pemikiran harus bersinergi satu sama lain yakni spiritual, normatif, formal, material dll. Agar notion ini dapat seimbang sehingga menghasilkan kualitas yang tinggi. Terima Kasih

    ReplyDelete
  74. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    saya baru memahami istilah notion ini dari tulisan Bapak. Orang yang memiliki ilmu yang tinggi, kemudian mampu mentransfer ilmunya baik secara lisan ataupun tulisan memiliki notion yang berkualitas. saya sangat tertarik untuk belajar lebih lanjut untuk meningkatka kualitas notion saya.

    ReplyDelete
  75. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Notion adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita, berkaitan berarti berhubungan, ungkapan yang terhubung langsung dengan pikiran. Dimensi notion kita akan mengingat apabila kita banyak membaca, maka membuat refleksi dalam bentuk tulisan akan melatih kemampuan pikir kita untuk menangkap suatu ide dan menuliskannya kembali.

    ReplyDelete
  76. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Notion merupakan ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita, berdasarkan definisi tersebut saya memahami notion itu adalah tentang bagaimana atau sejauhmana kita mampu melisankan atau menjelaskan sesuatu yang ada dalam pikiran kita. Setiap ungkapan memiliki dimensi, dengan demikian ungkapan seseorang merupakan cerminan dari kualitas notionnya.
    Cara meningkatkan notion menurut postingan diatas adalah dengan merujuk pada pemikiran para filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapat mereka sebab dari sanalah kita belajar berfikir filsafat. berfikir filsafat identik dengan berfikir dengan cara kritis dan mendalam untuk memperoleh pemahaman yang menyeluruh dan komprehensif, sehingga dalam memandang maupun menilai etik dari “sesuatu hal” tidak hanya dari satu sisi saja tetapi disesuaikan dengan ruang dan waktunya. Dengan demikian, melalui proses belajar (misalnya membaca elegi dan beberapa buku sumber) secara tidak langsung melatih kita dalam meningkatkan dimensi berfikir dan tentunya akan berpengaruh juga dalam meningkatkan notion kita.

    ReplyDelete
  77. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Untuk meningkatkan dimensi nation, kita harus menambah pengetahuan kita dan memahami pemikiran para filsuf. Saya menyadari bahwa pemikiran pemikiran saya yang saya tuangkan dalam komen-komen di elegi masih sebatas nation orang awam sehingga masih bersifat hypotical. Hal itu karena, saya belum memahami dan banyak membaca pemikiran para filsuf, sehingga apa yang saya ungkapkan masih sebatas pemikiran saya. Agar dimensi nation saya meningkat, saya sadar bahwa saya harus membaca banyak karya-karya para filsuf dan menjadikannya referensi dengan menggunakan sitasi yang jelas agar tidak menjadi plagiatisme. Terimakasih

    ReplyDelete
  78. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Dijelaskan bahwa notion adalah ungkapan dari apa yang kita pikirkan. Notion bisa dikembangkan oleh setiap orang, tetapi tergantung bagaimana usahanya dalam meningkatkan notion pada dirinya. Notion mempunyai dimensi yakni spiritual, normatif dan formal yang paling sederhana tapi sekaligus juga itu menjadi dimensi yang paling penting. Jika kita salah mengembangkan notion kita, kita bisa terancam menjadi Reduksionisme dan Rubish/Sampah. Untuk itu sebagai pendidik kita harus bisa mengembangkan notion kita yang monisme tapi Pluralime sehingga spiritual dalam diri kita akan selalu membekali notion kita dan dapat dijadikan pedoman bagi hidup kita.

    ReplyDelete
  79. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Langkah terbaik dalam meningkatkan notion adalah dengan menperluas pengetahuan baik melalui pengembangan bahan bacaan maupun pengalaman. Notion tanpa merujuk pada pikiran para filsuf akan menghasilkan hypothetical yaitu sebatas dugaan sementara. Seringkali kita termakan dengan anggapan bahwa apa yang kita anggap benar adalah memang sesuatu yang benar dan sebaliknya, padahal belum tentulah demikian. Hal ini karena hypothetical tidak dirujuk dari teori yang ada sehingga tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

    ReplyDelete
  80. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan nation kita salah satu diantaranya adalah dengan memperbanyak bahan bacaan dan mengikuti forum-forum kegiatan yang mengarah kepada peningkatan kemampuan bahasa verbal seperti mengikuti kegiatan pelatihan menulis ataupun melihat berita tentang perkembangan roda kehidupan yang ada di dunia khususnya yang ada di Indonesia. Dengan peningkatan nation maka secara tidak langsung akan menggambarkan peningkatan pengetahuan kita terhadap perkembangan ilmu dari berbagai sudut pandang keahlian.

    ReplyDelete
  81. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Kualitas ucapan/statement seseorang dapat diukur dari keluasan pengetahuannya. Ucapan orang yang sedikit membaca akan berbeda dengan orang yang sering membaca. Dalam berfilsafatpun demikian, orang yang sedikit mencari bacaan terkait filsafat, mereka hanya akan mengatakan sebatas hipotesis. Akan lebih tinggi kadar filsafat ucapannya jika sudah mengacu pada pendapat-pendapat para filsuf. Saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran blog ini.

    ReplyDelete
  82. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Membaca artikel ini mengingatkan saya mengenai konsep literasi matematis yang tengah hits di dunia pendidikan matematika. Literasi matematis diantaranya memuat tantangan untuk meningkatkan komunikasi kita, baik komunikasi dalam tulisan maupun secara langsung. Kemampuan literasi saat ini masih rendah, sehingga peningkatan literasi matematis merupakan suatu keharusan. Namun sebelum meningkatkan literasi siswa, perlulah guru berbenah diri meningkatkan literasinya terlebih dahulu. Wallahua'lam

    ReplyDelete
  83. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Meningkatkan notion dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas spiritual, normatif, formal, dan material. spiritual selalu diposisikan sebagai hal yang sangat fundamental dalam meningkatkan kualitas diri pribadi masing-masing individu. Untuk meningkatkan notion-notion kita adalah dengan rajin merujuk pada pemikiran-pemikiran para filsuf. Jika kita pasif, maka kita tidak akan memperoleh apa-apa. Sehingga untuk dapat mengasah pemikiran kita yaitu dengan cara terus belajar baik di kelas maupun di pergaulan lingkungan sekitar agar dapat menambah pengetahuan.

    ReplyDelete
  84. Insan A N/PPs PmC 2017
    Dijelaskan notion adalah segala hal yang berkaitan dengan pikiran kita, termasuk verbal formal, spiritual, dsb. Kualitas notion berkaitan dengan kualitas sumber pengetahuan, yang dalam hal ini adalah fikiran para filsuf. Untuk itu, perlu kira nya banyak membca, membaca yang ada dan mungkin ada disekitar kita untuk meningkatkan notion kita.

    ReplyDelete
  85. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Notion adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Ungkapan-ungkapan itu membantu kita untuk menginterpretasikan pikiran kita. Saya setuju dengan apa yang telah bapak tuliskan bahwa "Peningkatan Dimensi Notion harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme". Karena ketika kita melakukan plagiarisme, maka sesungguhnya diri kita itu adalah plagiarisme. Peningkatan dimensi notion perlu dilakukan agar dapat mengembangkan kemampuan dan pola pikir kita.

    ReplyDelete
  86. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Ungkapan secara lisan (ucapan) maupun tertulis (karya) dari pikiran kiriran kita merupakan notion. Seakin banyak wawasan seseorang maka semain berkulitas notion kita, atau semain meningkat dimensi notion kita. dari artikel di atas saya mengambil kesimpulan bahwa agar notion kita dalam berfilsafat meningkat, maka perlu membaca lebih banyak mengenai pemikiran para filsuf. Namun tida semua pemikiran para filsuf itu dapat kita ketahui.

    Salah satu cara mengetahui pemikiran para filsuf yaitu melaui artikek-artikel dalam blig ini. Saya sangat berterimakasih kepada Pak Marsigit karena telah menyediakan salah satu sumber belajar yang menurut saya bagus dalam membantu mahasiswa memahami ontology, epistimologi dan aksiologi filsafat. Tentu saja membaca blog ini tidak cukup sebagai sumber belajar berfilsafat. Kita juga harus praktik berfilsafat, salah satunya dengan berkomentar pada artikel dalam blog ini serta membuat refleksi perkuliahan. Selain itu juga membaca dari sumber-sumber lain mengenai pemikiran para filsuf yang terkenal dan berpengaruh dalam kehidupan terdahulu sampai filsuf yang berpengaruh pada kehidupan masa kini atau era modern dengan begitu maka dimensoi notuon kita dapat meningkat.

    ReplyDelete
  87. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    P mat A

    Notion adalah gagasan atau ide-ide pemikiran. Cara meningkatkan level pemikiran kita adalah dengan memperbanyak bacaan dan merefleksikan apa yang sudah kita baca. Semakin banyak membaca dan mengetahui suatu hal kita akan sadar bahwasanya kita belum banyak pengetahuan. Oleh karena itu diperlukan refleksi diri untuk mengukur sejauh mana pengetahuan kita. Mana saja yang perlu ditingkatkan mana saja yang perlu diorganisir kita perlu tahu itu. Berbekal pengetahuan ini kita akan lebih bijak dalam berpikir dan menemukan ide-ide yang berupa inovasi maupun solusi.

    ReplyDelete
  88. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Berdasarkan artikel ini, maka cara meningkatkan notion dimensi kita dalam belajar filsafat adalah dengan merujuk pada pemikiran para filsuf kemudian berusaha memahaminya dengan pikiran kritis. Selain itu, dalam mengungkapkan sesuatu janganlah terlalu singkat karena dikhawatirkan akan terjadi reduksi, dan janganlah terlalu panjang karena terancam tidak memiliki makna.

    ReplyDelete
  89. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Notion kita merupakan ucapan yang kita sendiri. Ucapan merupakan bentuk dari segala ungkapan yang kita pikirkan dikepala kemudian berwujud kedalan bentuk verbal. Hal ini merupakan salah satu cara kita untuk mengada. Karena kita para pengada dan tujuan kita adalah mengadakan sesuatu yang ada dikepala kita, baik itu ungkapan atau pikiran beruba ide gagasan untuk suatu masalah.

    ReplyDelete
  90. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Karena notion berasal dari pikiran kita, maka notion ini juga mampu memngukur seberapa luas dan dalam pengetahuan kita. Apakah pengetahuan yang ada dalam pikiran itu hanya baru sebatas commen sense saja atau sudah menjadi ilmu. Perngetahuan menjadi ilmu ketika dia sudah mampu merangkul dari ranah nyatanya/materialnya hingga pada ranah spiritualnya. Karena yang berlimu juga harus disertai yang beribadah. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  91. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Untuk meningkatkan dimensi nation kita, maka kita dalam berdialog berusaha untuk merefer pikiran para filsuf. Karena jika tanpa itu maka pendapat kita masih berupa hipotesis yang perlu pembuktian akan kebenarannya. Dalam hal ini dimensi yang ada dapat berupa dimensi Spiritual yaitu dimensi kaitanyya dengan Sang Pencipta, kemudian dimensi yang lain yaitu normatif, formal dan material yang paling rendah. Disini nation tidak hanya terbatas pada lisan namun juga dapat berupa tulisan. Karena memeng benar tulisa ataupun lisan kita ini tergantung dengan apa yang ada pada diri kita apa yang ada pada pikiran kita apa yang ada pada dimensi dan nation kita.

    ReplyDelete
  92. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Tambahan terkait hikmah yang bisa diambil yaitu cara untuk meningkatkan dimensi nation kita, yang bisa dilakukan yaitu dengan belajar filsafat tentunya, dengan berdiskusi, dengan membaca referensi yang tentunya semua ini berkaitan dengan pemikiran para filsuf. Termasuk membaca yang ada didalam blog Bapak Marsigit, terimakasih kepada beliau yang telah memfasilitasi blog ini agar dapat meningkatkan dimensi nation para mahasiswa dan siapapun yang mau membacanya. Semoga senantiasa barokah.

    ReplyDelete
  93. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan tulisan yang diuraikan di atas, dapat diambil simpulan bahwa notion menuju panjanglah yang paling diharapkan dapat membangun dunia. karena notion panjang berarti menuju Pluralisme. Hal tersebut sesuai dengan konsep dunia yang memiliki pluralisme yang kemudian dengan adanya pluralisme tersebut spiritualisme dapat berusaha untuk dimaknai.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  94. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dalam hal memberikan apapun yang berupa pernyataan yang berkualitas maupun tidak, maka hal tersebut dapat dikatakan sebagai notion dari kita semua. Notion akan semakin berbobot jika peenyataan yang kita lontarkan berdaarkan pada landasan dan dapat dipercaya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  95. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    diatas dijelaskan bahwa notion merupakan ungkapan dari pikiran kita. hal itu sama artinya dengan representasi. diketahui bahwa masyarakat di Indonesia lemah dalam merepresentasikan sesuatu, sama hal nya dengan saya yang kurang mampu dalam mengungkapkan gagasan atau pikiran saya, tidak dapat mengungkapkan, menorehkan, menuliskan apa yang ada dalam pikiran saya sendiri. cara untuk dapat meningkatkan kemampuan itu yaitu dengan koment di blog ini.

    ReplyDelete
  96. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    diatas dijelaskan bahwa notion merupakan ungkapan dari pikiran kita. hal itu sama artinya dengan representasi. diketahui bahwa masyarakat di Indonesia lemah dalam merepresentasikan sesuatu, sama hal nya dengan saya yang kurang mampu dalam mengungkapkan gagasan atau pikiran saya, tidak dapat mengungkapkan, menorehkan, menuliskan apa yang ada dalam pikiran saya sendiri. cara untuk dapat meningkatkan kemampuan itu yaitu dengan koment di blog ini.

    ReplyDelete
  97. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Saat ini saya merasa masih pada tahapan hypothetical, karena sampai saat ini pemikiran saya masih sebagaimana orang awam berpikir atau Common Sense, untuk itu saya perlu belajar lebih lagi terutama dalam mempelajari pemikiran para filsuf agar bisa meningkatkan kapasitas saya

    ReplyDelete
  98. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. pada artikel di atas dijelaskan bahwa notion merupakan segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Dalam berfilsafat terdapat aliran-aliran filsafat yang mungkin saja mempengaruhi pemikiran kita. Untuk meningktkan dimensi notion salah satunya ialah dengan memperbanyak membaca agar pikiran kita terbuka luas dan menambah wawasan.

    ReplyDelete
  99. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    sebelum saya membaca artikel ini, saya sering menemukan kata notion di beberapa artikel dari jurnal-jurnal atau artikel berbahasa inggris yang ditulis bapak di blog ini. hasil translate nya adalah pendapat. jadi selama ini saya mengira notion itu pendapat. tapi ternyata notion lebih dari pendapat. agak susah saya menemukan kata-kata yang pas selain dari yang telah dijelaskan oleh bapak dalam artikel ini. terima kasih pak.

    ReplyDelete
  100. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Cara untuk meningkatkan kualitas Notion dapat dengan dialog/diskusi. Karena hal tersebut menjadi ajang untuk menyampaikan pendapat, bertukar pikiran, bahkan mendapatkan pengetahuan yang belum diketahui. Hal tersebut dapat membuat kita semakin meyakini pendirian kita ataupun membuka pikiran kita dengan sudut pandang baru.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  101. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Tentu saja saat mengungkapkan pendapat dan merumuskan pikiran berfilsafat harus disertai pengetahuan Pikiran para Filsuf, selain dapat menambah kualitas pendapat kita juga dapat mengembangkan pikiran filsuf tersebut selain itu juga terhindar dari sifat hypothetical.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  102. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    "Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita."
    Oh, saya selama ini selalu bingung mendefinisikan notion. Kalau para filsuf, saya sangat kagum dengan Imanuel Kant. Ketika Pak Marsigit memberikan bacaan berupa salah satu bukunya, yaitu "The Critic of Pure Reason", saya benar-benar terkagum-kagum akan pemikiranya. Saya ingat dalam bukunya Imanuel Kant mengungkapkan bagaimana pikiran manusia memangn terbatas, namun ia tak ingin menilai pikiran manusia dari keterbatasannya saja. Sungguh pemikiran yang sangat maju di masa itu. Imanuel Kant bahkan dapat menengahi beberapa pemikiran filsuf yang saling bertentangan. Saya sangat senang bisa sedikit mengenal sosok Imanuel Kant dari perkuliahan filsafat ini.

    ReplyDelete
  103. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Untuk meningkatkan dimensi notions kita, kita harus memahami tingkatan dari material-formal-normatif-spiritual. Jika kita masih berpikir tentang kebendaan, kita masih berada di taraf material. Kemudian pemaknaan-pemaknaan termasuk metafisik menaikkan dimensi kita menuju formal dan normative. Tingkatan tertinggi filsafat adalah spiritualism, yaitu bagaimana dengan filsafat dapat menambah keyakinan, iman, dan takwa kita pada Allah SWT.

    ReplyDelete
  104. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Saya baru mengetahui bahwa notion adalah ungkapan dari apa yang kita pikirkan. Notion bisa dikembangkan oleh setiap orang, namun juga tergantung dengan bagaimana usahanya dalam meningkatkan notion pada dirinya. Notion mempunyai dimensi yakni spiritual, normatif dan formal yang paling sederhana tapi sekaligus juga itu menjadi dimensi yang paling penting. Yang ada dalam benak saya adalah seringkali antara pikiran dengan ucapan yang keluar dari mulut itu tidak sinkron. Apakah itu berarti saya belum mampu mengontrol dan mengembangkan notion dalam diri saya? semoga lain kali bisa terjawab rasa penasaran ini. Terimakasih prof.

    ReplyDelete
  105. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk Verbalnya, maka kita memeroleh apa yang disebut Utterances atau Ucapan. Jika kita berfilsafat dengan tidak merujuk Pikiran para Filssuf, maka kualitas Notion kita belum mempunyai kriteria Normatif. Tetapi hanya baru bersifat hypothetical.Untuk meningkatka kualitas Comment dan Notion kita dalam diskusi Filsafat kita dapat mencoba merefer Pikiran para Filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya.Peningkatan Dimensi Notion harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme. Karena Plagiarisme akan membakar habis semua karya-karya kita.Notion yang terlalu singkat terancam untuk cenderung menjadi Reduksionisme, sedangkan Notion yang terlalu panjang tetapi kurang bermakna akan teramcam menjadi Rubish/Sampah.

    ReplyDelete
  106. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Segala ungkapan yang berkaitan dengan pikir adalah nation. Dari sini menurut saya nation berarti tindakan sadar yang dilakukan manusia. Bila demikian yang dapat meningkat dimensi nation hanya orang yang masih normal. Bagaimana meningkatkan nation? Dari penjelasan Prof, caraya adalah dengan kita membaca tulisan tulisan para filsuf. Hal ini di lakukan guna memperkaya wawasan yang kita miliki. Karena ketika semakin kaya wawasan kita makan kita akan semakin mudah memaknai dan menyikapi kehidupan. Tapj kita harus senantiasa tawadhu agar hal yang kita lakukan secara sadar bukan merupakan kegiatan plagaisi.

    ReplyDelete
  107. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dalam rangka meningkatkan notion, salah satu yang dapat kita lakukan adalah dengan menyeimbangkan setiap aspek dalam kehidupan kita dengan keilmuan, pengetahuan, dan pengalaman. Dimensi notion kita akan meningkat jika kita mau banyak belajar, banyak membaca, banyak melihat sekitar dengan kepekaan. Dalam hal ini tentu dibutuhkan kejernihan hati dan pikiran agar kita mampu belajar secara optimal.

    ReplyDelete
  108. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Salah satu cara untuk mengembangkan kompetensi guru/calon guru pada zaman sekarang adalah dengan membuat suatu proses kegiatan yang disebut dengan research. Kegiatan ini mengajak serta mengajarkan guru/calon guru untuk menjadi penulis dalam menghasilkan sebuah karya. Karena guru yang hebat adalah guru yang mampu menjual ide-ide kreatifnya serta mampu mennghasilkan suatu karya yang dapat membuatnya dikenal oleh para kaum akademisi yang lain. Namun, untuk mewujudkan hal ini bukanlah suatu perkara yang mudah melainkan memerlukan latihan, bimbingan, dan pembiasaan karena melalui tulisan seseorang mampu meningkatkan kemampuan notions-nya baik dalam berbahasa ilmiah mamupun dalam berbahasa filsafat

    ReplyDelete
  109. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Saya sangat setuju untuk meningkatkan notion-notion kita adalah dengan rajin merujuk pada pemikiran-pemikiran para filsuf. Jika kita pasif, maka kita tidak akan memperoleh apa-apa. Istilah yang sering kita gunakan adalah menjemput bola. Kita tidak boleh pasif dalam meraih ilmu. Ilmu tidak akan datang kepada kita begitu saja, kita yang harus meraihnya dengan hati dan pikrian yang ikhlas

    ReplyDelete
  110. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017


    Berbicara mengenai nation, maka berhubungan dengan pikiran secara langsung. Sehingga dalam upaya meningkatkan dimensi nation dapat dilakukan dengan berbagai cara dengan banyak membaca, memperluas pergaulan, mempelajari hal baru serta berdiskusi dengan banyak orang dengan sudut pandang berbeda. Semakin banyak pengetahuan yang diperoleh, diharapkan dapat meningkatkan dimensi nation kita. Dimensi nation yang bersifat plural inilah yang diharapkan dapat membantu kita dalam memaknai dimensi nation yang lebih tinggi lagi yaitu spiritualisme.

    ReplyDelete
  111. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Saya sangat setuju untuk meningkatkan notion-notion kita adalah dengan rajin merujuk pada pemikiran-pemikiran para filsuf. Jika kita pasif, maka kita tidak akan memperoleh apa-apa. Istilah yang sering kita gunakan adalah menjemput bola. Kita tidak boleh pasif dalam meraih ilmu. Ilmu tidak akan datang kepada kita begitu saja, kita yang harus meraihnya dengan hati dan pikrian yang ikhlas

    ReplyDelete
  112. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Notion adalah segala ungkapan yang berkaitan dengan pikiran. Ungkapan ini bisa secara spontan diucapakan maupun tidak. Setiap ungkapan yang diucapkan memiliki dimensi tersendiri tergantung dari apa yang diungkapkan melalui bentuk verbal yaitu ucapan. Untuk meningkatkan kemampuan notion dapat dilakukan dengan dua cara cara yaitu hyothetical dan merefer pendapat para Filsuf. Untuk cara yang serinng saya temui yatu Hypothetical. Cara ini serinng digunakan di lingkunngan masyarakat. Sedangkan untuk cara yang merefer pendapat sering saya temukan di lingkungan sekolah dan kampus.

    ReplyDelete
  113. Febriana Putri Hutami
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241007

    Notion adalah ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran. Dalam mengungkapkan sesuatu itu memiliki dimensi, yaitu spriritual, normative, formal, dan material. Dalam meningkatkan kualitas notion, kita dapat mencari refensi-referensi dari filsuf-filsuf, agar ungkapan yang kita sampaikan tidak bersifat subjektif yang mengandalkan intuitif dan hanya bersifat hypothetical analysis. Dengan mereferensi pendapat-pendapat filsuf, ungkapan kita dalam berdialog akan bersifaat normatif, tidak lagi bersifat hypothetical. Nah, untuk mengetahui pendapat para filsuf, sebagai mahasiswa perlu membaca dan membaca. Dan itulah sebenar-benarnya usaha dalam meningkatkan kualitas notion.

    ReplyDelete
  114. Qorry Aina Fitroh
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241047

    Untuk meningkatkan notion, kita harus menyeimbangkan berbagai dimensi yang muncul dalam notion kita dengan cara banyak membaca dan merujuk keberbagai pemikiran filsuf atau ahli-ahli. Namun demikian, untuk meningkatkan dimensi notion, sesorang juga membutuhkan usaha agar terhindar dari plagiarisme sebab plagiarisme dapat membakar habis semua karya yang telah kita ciptakan.

    ReplyDelete
  115. Siti Efiana
    15301241029
    S1- Pend.Mat I 2015

    Terima kasih atas artikelnya, Prof. Istilah notion memang baru kali ini saya dengar, saya juga baru tahu bahwa notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Kemudian, dari artikel juga diperoleh bahwa untuk meningkatkan kualitas Comment dan Notion kita dalam dialog/diskusi Filsafat, kita dapat mencoba merefer Pikiran para Filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya, yang bisa kita dapatkan dari buku-buku. Selain itu, ada 1 poin yang saya garis bawahi, yaitu peningkatan Dimensi Notion harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme karena Plagiarisme adalah tindakan tak bermoral yang akan membakar habis semua karya-karya kita.

    ReplyDelete
  116. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1-Pendidikan Matematika A 2015

    Notion adalah segala ugkapan yang berkaitan laangsung ddengaan oikiran kitaa. Menekan padda verbalnya maka akan memperoleh yang namanya ungkapan yang mempunyai dimensi spiritual, normatif, formal dan material. Untuk meningkastkan notion bisa dengan merujuk aau merefer pemikiran- pemikiran para filsuf, sehingga kualitas notion kita tidak hanya sebatas hyotethical.

    ReplyDelete
  117. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Terima kasih Prof. atas informasi dan ilmunya yang telah dibagikan. Sabenarnya saya baru kali ini mendengar tentang dimensi notion. Ternyata notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Kemudian, dari artikel juga diperoleh bahwa untuk meningkatkan kualitas comment dan notion kita dalam dialog/diskusi filsafat, kita dapat mencoba merefer pikiran para Filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya, yang bisa kita dapatkan dari buku-buku. Namun, di sisi lain saya rasa kita juga bisa meningkatkannya dengan cara mengkonstruk prior knowledge yang sudah kita miliki lalu menggabungkannya dengan pengetahuan dan pemikiran baru lainnya.

    ReplyDelete
  118. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Notion adalah ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Untuk meningkatkan notion bisa dengan merujuk keberbagai pemikiran-pemikiran filsuf, sehingga kualitasnya tidak hanya sebatas hyotethical. Nah, untuk meningkatkan kualitas notion maka kita perlu banyak membaca. Dengan membaca kita mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat baik di dunia maupun di akhirat.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  119. Raudhah Nur Pratiwi (15301244009)
    S1- Pend. Matematika A 2015

    Bismillah,
    Terimakasih Prof, atas artikelnya. Dari artikel ini, saya menjumpai istilah baru yang belum pernah saya dengar, yaitu : notion.
    Notion merupakan ungkapan dari apa yang kita pikirkan. Kualitas dimensi notion seseorang dapat ditingkatkan. Untuk meningkatkan kualitas dimensi notion, kita harus rajin-rajin membaca dan mencari ilmu pengetahuan yang merujuk pada pemikiran-pemikiran para filsuf. Pengembangan dimensi nation ini perlu dilakukan agar kita dapat mengembangkan kemampuan pola pikir kita.

    ReplyDelete
  120. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Disebutkan bahwa notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. untuk meningkatkan kualitas notion, Prof. Marsigit menganjurkan untuk mentransfer pikiran para filsuf ke dalam tulisan kita. akan tetapi Prof, saya terkadang sedikit kurang memahami secara keseluran tentang ungkapan pikiran para filsuf yang menggunakan Bahasa tingkat tinggi. Jika boleh, saya ingin meminta saran agar dapat meningkatkan sense atau rasa dalam memahami pikiran para filsuf yang sudah ada Prof. sehingga saya kedepanya dapat meningkatkan kualitas notion saya. Terimaksih sebelumnya prof.

    ReplyDelete
  121. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Diketahui dari artikel tersebut bahwa Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Untuk meningkatkan notion maka kita perlu merujuk pada pikiran-pikiran para filsuf, tepatnya pada pendapat-pendapat yang mereka lontarkan. Sehingga dapat meningkatkan dimensi nation kita, tentu saja dengan berusaha sehingga dapat terhindar dari plagiarisme.

    ReplyDelete
  122. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    Pendidikan Matematika A 2015/S1
    15301241046
    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Notion adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Sehingga untuk menigkatkan notion kita, kita juga harus meningkatkan ilmu pengetahuan kita agar kita dapat berpikiran luas. Kita harus mencoba merujuk Pikiran para Filssuf sehingga kualitas Notion kita mempunyai kriteria Normatif, bukan hanya bersifat hypothetical.Tapi kita juga harus berhati-hati agar notion kita tidak menjadi rubbish.

    ReplyDelete
  123. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    Terimakasih Prof. Untuk pertama kalinya saya mendengar istilah notion. Notion adalah ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Untuk dapat meningkatkan notion kita, kita dapat merujuk pikiran para filsuf. Dengan kata lain, kita harus banyak membaca dan memahami karya-karya para filsuf agar meningkatkan notion kita.

    ReplyDelete
  124. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    Disebutkan bahwa notion merupakan segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Untuk pemula, biasana jika dalam berfilsuf masih pada tahap hyphotetical. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan berfilsuf maka seorang dapat membaca pendapat para filsuf, juga dapat membaca buku buku yang berkaitan dengan filsafat, dan berdiskusi dengan orang yang ahli filsuf, dsb.

    ReplyDelete
  125. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Ketika pertama kali membaca judul postingan ini, yaitu "Bagaimana meningkatkan dimensi notion kita" saya merasa penasaran dengan apa to yang dimaksud dengan dimensi notion itu. Setelah membaca isi postingannya, saya menjadi tahu bahwa yang dimaksud dengan dimensi notion adalah dimensi yang berkaitan dengan segala ungkapan--baik lisan maupun tulisan--yang memiliki hubungan secara langsung dengan pikiran kita.

    ReplyDelete
  126. Nur’aini Habibah Sa’diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dimensi Notion? Sebelum saya membaca artikel ini saya belum mengetahui apa itu notion. Berdasarkan artikel ini Notion adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran. Dalam bentuk verbalnya lebih dikenal dengan sebutan Ucapan atau Ungkapan. Ungkapan memiliki dimensinya sendiri baik lisan maupun tulisan. Dalam meningkatkan kualitas Notion atau Ungkapan dapat dilakukan dialog atau diskusi yang didasarkan pemikiran-pemikiran paea Filsuf. Dimensinya antara lain Spiritual, Normatif, Formal, dan Material.
    Terimakasih Prof atas artikel yang menarik.

    ReplyDelete
  127. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Dari artikel diatas mengenai meningkatkan dimensi notion. Notion merupakan ucapan dan juga memiliki dimensi. Jika kita berfilsafat tapi tidak merujuk dari para filusuf, maka kualitas notion yang dihasilkan belum mempunyai kriteria normatif. Terkait peningkatan dimensi notion tersebut masih dapat dikembangkan lagi, namun dengan syarat hindari adanya plagiarisme. Notion yang terlalu singkat cenderung menjadi reduksionisme, untuk notion yang terlalu panjang namun kurang bermakna maka akan terancam menjadi sampah. Sehingga agar notion tidak menjadi sampah, maka perlu adanya kualitas pembicaraan, tidak usah panjang-panjang namun juga harus penuh makna.

    ReplyDelete