Nov 2, 2014

Bagimana Meningkatkan Dimensi Notion Kita?

Oleh Marsigit



Kita dapat mengukur atau memosisikan seberapa kualitas Notion kita.



Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk Verbalnya, maka kita memeroleh apa yang disebut Utterances atau Ucapan.

Segala ungkapan, pernyataan atau kalimat kita dalam dialog baik secara lisan maupun tertulis, memunyai Dimensi.

Dimensi yang sering saya pikirkan adalah : Spiritual, Normatif, Formal, dan Material.

Tetapi itu sangat bersifat sederhana. Kita bisa menambah misalnya : Spiritual, Legal, Normatif, Formal, dan Material.

 Tetapi kita juga bisa menambah misalnya: Spiritual, Politik, Legal, Normatif, Formal dan Material.


Jika kita berfilsafat dengan tidak merujuk Pikiran para Filssuf, maka kualitas Notion kita belum mempunyai kriteria Normatif. Tetapi hanya baru bersifat hypothetical.


Hyphotetical merupakan tahap pertama metode berpikir dan biasanya dilakukan secara Common Sense (orang awam).

Untuk meningkatka kualitas Comment dan Notion anda dalam dialog/diskusi Filsafat anda dapat mencoba merefer Pikiran para Filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya.

Selamat meningkatkan kualitas Notion-notion.

Diagram berikut dapat dikembangkan secara kreatif sehingga dapat menuntun kita meningkatkan dimensi Notion kita.


Para Mahasiswa boleh membuat alternatif Dimensi sehingga kita semua dapat memeroleh khasanah pengetahuan yang lebih luas.

Peningkatan Dimensi Notion harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme. Karena Plagiarisme akan membakar habis semua krya-karya kita.

Notion yang terlalu singkat terancam untuk cenderung menjadi Reduksionisme; sedangkan Notion yang terlalu panjang tetapi kurang bermakna akan teramcam menjadi Rubish/Sampah.  Notion menuju Singkat berarti menuju Monisme; Notion menuju panjang berarti menuju Pluralime. Melalui Pluralisme/Dunia kita berusaha memaknai Spiritualisme/Monisme.

Diskusi bisa kita lanjutkan di dalam kelas Perkuliahan.


Add caption

34 comments:

  1. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Dijelaskan bahwa notion adalah ungkapan dari apa yang kita pikirkan. Notion bisa dikembangkan oleh setiap orang, tetapi tergantung bagaimana usahanya dalam meningkatkan notion pada dirinya. Notion mempunyai dimensi yakni spiritual, normatif dan formal yang paling sederhana tapi sekaligus juga itu menjadi dimensi yang paling penting. Jika kita salah mengembangkan notion kita, kita bisa terancam menjadi Reduksionisme dan Rubish/Sampah. Untuk itu sebagai pendidik kita harus bisa mengembangkan notion kita yang monisme tapi Pluralime sehingga spiritual dalam diri kita akan selalu membekali notion kita dan dapat dijadikan pedoman bagi hidup kita.

    ReplyDelete
  2. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Langkah terbaik dalam meningkatkan notion adalah dengan menperluas pengetahuan baik melalui pengembangan bahan bacaan maupun pengalaman. Notion tanpa merujuk pada pikiran para filsuf akan menghasilkan hypothetical yaitu sebatas dugaan sementara. Seringkali kita termakan dengan anggapan bahwa apa yang kita anggap benar adalah memang sesuatu yang benar dan sebaliknya, padahal belum tentulah demikian. Hal ini karena hypothetical tidak dirujuk dari teori yang ada sehingga tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

    ReplyDelete
  3. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan nation kita salah satu diantaranya adalah dengan memperbanyak bahan bacaan dan mengikuti forum-forum kegiatan yang mengarah kepada peningkatan kemampuan bahasa verbal seperti mengikuti kegiatan pelatihan menulis ataupun melihat berita tentang perkembangan roda kehidupan yang ada di dunia khususnya yang ada di Indonesia. Dengan peningkatan nation maka secara tidak langsung akan menggambarkan peningkatan pengetahuan kita terhadap perkembangan ilmu dari berbagai sudut pandang keahlian.

    ReplyDelete
  4. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Kualitas ucapan/statement seseorang dapat diukur dari keluasan pengetahuannya. Ucapan orang yang sedikit membaca akan berbeda dengan orang yang sering membaca. Dalam berfilsafatpun demikian, orang yang sedikit mencari bacaan terkait filsafat, mereka hanya akan mengatakan sebatas hipotesis. Akan lebih tinggi kadar filsafat ucapannya jika sudah mengacu pada pendapat-pendapat para filsuf. Saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran blog ini.

    ReplyDelete
  5. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Membaca artikel ini mengingatkan saya mengenai konsep literasi matematis yang tengah hits di dunia pendidikan matematika. Literasi matematis diantaranya memuat tantangan untuk meningkatkan komunikasi kita, baik komunikasi dalam tulisan maupun secara langsung. Kemampuan literasi saat ini masih rendah, sehingga peningkatan literasi matematis merupakan suatu keharusan. Namun sebelum meningkatkan literasi siswa, perlulah guru berbenah diri meningkatkan literasinya terlebih dahulu. Wallahua'lam

    ReplyDelete
  6. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Meningkatkan notion dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas spiritual, normatif, formal, dan material. spiritual selalu diposisikan sebagai hal yang sangat fundamental dalam meningkatkan kualitas diri pribadi masing-masing individu. Untuk meningkatkan notion-notion kita adalah dengan rajin merujuk pada pemikiran-pemikiran para filsuf. Jika kita pasif, maka kita tidak akan memperoleh apa-apa. Sehingga untuk dapat mengasah pemikiran kita yaitu dengan cara terus belajar baik di kelas maupun di pergaulan lingkungan sekitar agar dapat menambah pengetahuan.

    ReplyDelete
  7. Insan A N/PPs PmC 2017
    Dijelaskan notion adalah segala hal yang berkaitan dengan pikiran kita, termasuk verbal formal, spiritual, dsb. Kualitas notion berkaitan dengan kualitas sumber pengetahuan, yang dalam hal ini adalah fikiran para filsuf. Untuk itu, perlu kira nya banyak membca, membaca yang ada dan mungkin ada disekitar kita untuk meningkatkan notion kita.

    ReplyDelete
  8. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Notion adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Ungkapan-ungkapan itu membantu kita untuk menginterpretasikan pikiran kita. Saya setuju dengan apa yang telah bapak tuliskan bahwa "Peningkatan Dimensi Notion harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme". Karena ketika kita melakukan plagiarisme, maka sesungguhnya diri kita itu adalah plagiarisme. Peningkatan dimensi notion perlu dilakukan agar dapat mengembangkan kemampuan dan pola pikir kita.

    ReplyDelete
  9. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Ungkapan secara lisan (ucapan) maupun tertulis (karya) dari pikiran kiriran kita merupakan notion. Seakin banyak wawasan seseorang maka semain berkulitas notion kita, atau semain meningkat dimensi notion kita. dari artikel di atas saya mengambil kesimpulan bahwa agar notion kita dalam berfilsafat meningkat, maka perlu membaca lebih banyak mengenai pemikiran para filsuf. Namun tida semua pemikiran para filsuf itu dapat kita ketahui.

    Salah satu cara mengetahui pemikiran para filsuf yaitu melaui artikek-artikel dalam blig ini. Saya sangat berterimakasih kepada Pak Marsigit karena telah menyediakan salah satu sumber belajar yang menurut saya bagus dalam membantu mahasiswa memahami ontology, epistimologi dan aksiologi filsafat. Tentu saja membaca blog ini tidak cukup sebagai sumber belajar berfilsafat. Kita juga harus praktik berfilsafat, salah satunya dengan berkomentar pada artikel dalam blog ini serta membuat refleksi perkuliahan. Selain itu juga membaca dari sumber-sumber lain mengenai pemikiran para filsuf yang terkenal dan berpengaruh dalam kehidupan terdahulu sampai filsuf yang berpengaruh pada kehidupan masa kini atau era modern dengan begitu maka dimensoi notuon kita dapat meningkat.

    ReplyDelete
  10. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    P mat A

    Notion adalah gagasan atau ide-ide pemikiran. Cara meningkatkan level pemikiran kita adalah dengan memperbanyak bacaan dan merefleksikan apa yang sudah kita baca. Semakin banyak membaca dan mengetahui suatu hal kita akan sadar bahwasanya kita belum banyak pengetahuan. Oleh karena itu diperlukan refleksi diri untuk mengukur sejauh mana pengetahuan kita. Mana saja yang perlu ditingkatkan mana saja yang perlu diorganisir kita perlu tahu itu. Berbekal pengetahuan ini kita akan lebih bijak dalam berpikir dan menemukan ide-ide yang berupa inovasi maupun solusi.

    ReplyDelete
  11. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Berdasarkan artikel ini, maka cara meningkatkan notion dimensi kita dalam belajar filsafat adalah dengan merujuk pada pemikiran para filsuf kemudian berusaha memahaminya dengan pikiran kritis. Selain itu, dalam mengungkapkan sesuatu janganlah terlalu singkat karena dikhawatirkan akan terjadi reduksi, dan janganlah terlalu panjang karena terancam tidak memiliki makna.

    ReplyDelete
  12. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Notion kita merupakan ucapan yang kita sendiri. Ucapan merupakan bentuk dari segala ungkapan yang kita pikirkan dikepala kemudian berwujud kedalan bentuk verbal. Hal ini merupakan salah satu cara kita untuk mengada. Karena kita para pengada dan tujuan kita adalah mengadakan sesuatu yang ada dikepala kita, baik itu ungkapan atau pikiran beruba ide gagasan untuk suatu masalah.

    ReplyDelete
  13. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Karena notion berasal dari pikiran kita, maka notion ini juga mampu memngukur seberapa luas dan dalam pengetahuan kita. Apakah pengetahuan yang ada dalam pikiran itu hanya baru sebatas commen sense saja atau sudah menjadi ilmu. Perngetahuan menjadi ilmu ketika dia sudah mampu merangkul dari ranah nyatanya/materialnya hingga pada ranah spiritualnya. Karena yang berlimu juga harus disertai yang beribadah. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  14. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Untuk meningkatkan dimensi nation kita, maka kita dalam berdialog berusaha untuk merefer pikiran para filsuf. Karena jika tanpa itu maka pendapat kita masih berupa hipotesis yang perlu pembuktian akan kebenarannya. Dalam hal ini dimensi yang ada dapat berupa dimensi Spiritual yaitu dimensi kaitanyya dengan Sang Pencipta, kemudian dimensi yang lain yaitu normatif, formal dan material yang paling rendah. Disini nation tidak hanya terbatas pada lisan namun juga dapat berupa tulisan. Karena memeng benar tulisa ataupun lisan kita ini tergantung dengan apa yang ada pada diri kita apa yang ada pada pikiran kita apa yang ada pada dimensi dan nation kita.

    ReplyDelete
  15. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Tambahan terkait hikmah yang bisa diambil yaitu cara untuk meningkatkan dimensi nation kita, yang bisa dilakukan yaitu dengan belajar filsafat tentunya, dengan berdiskusi, dengan membaca referensi yang tentunya semua ini berkaitan dengan pemikiran para filsuf. Termasuk membaca yang ada didalam blog Bapak Marsigit, terimakasih kepada beliau yang telah memfasilitasi blog ini agar dapat meningkatkan dimensi nation para mahasiswa dan siapapun yang mau membacanya. Semoga senantiasa barokah.

    ReplyDelete
  16. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan tulisan yang diuraikan di atas, dapat diambil simpulan bahwa notion menuju panjanglah yang paling diharapkan dapat membangun dunia. karena notion panjang berarti menuju Pluralisme. Hal tersebut sesuai dengan konsep dunia yang memiliki pluralisme yang kemudian dengan adanya pluralisme tersebut spiritualisme dapat berusaha untuk dimaknai.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  17. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dalam hal memberikan apapun yang berupa pernyataan yang berkualitas maupun tidak, maka hal tersebut dapat dikatakan sebagai notion dari kita semua. Notion akan semakin berbobot jika peenyataan yang kita lontarkan berdaarkan pada landasan dan dapat dipercaya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  18. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    diatas dijelaskan bahwa notion merupakan ungkapan dari pikiran kita. hal itu sama artinya dengan representasi. diketahui bahwa masyarakat di Indonesia lemah dalam merepresentasikan sesuatu, sama hal nya dengan saya yang kurang mampu dalam mengungkapkan gagasan atau pikiran saya, tidak dapat mengungkapkan, menorehkan, menuliskan apa yang ada dalam pikiran saya sendiri. cara untuk dapat meningkatkan kemampuan itu yaitu dengan koment di blog ini.

    ReplyDelete
  19. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    diatas dijelaskan bahwa notion merupakan ungkapan dari pikiran kita. hal itu sama artinya dengan representasi. diketahui bahwa masyarakat di Indonesia lemah dalam merepresentasikan sesuatu, sama hal nya dengan saya yang kurang mampu dalam mengungkapkan gagasan atau pikiran saya, tidak dapat mengungkapkan, menorehkan, menuliskan apa yang ada dalam pikiran saya sendiri. cara untuk dapat meningkatkan kemampuan itu yaitu dengan koment di blog ini.

    ReplyDelete
  20. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Saat ini saya merasa masih pada tahapan hypothetical, karena sampai saat ini pemikiran saya masih sebagaimana orang awam berpikir atau Common Sense, untuk itu saya perlu belajar lebih lagi terutama dalam mempelajari pemikiran para filsuf agar bisa meningkatkan kapasitas saya

    ReplyDelete
  21. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. pada artikel di atas dijelaskan bahwa notion merupakan segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Dalam berfilsafat terdapat aliran-aliran filsafat yang mungkin saja mempengaruhi pemikiran kita. Untuk meningktkan dimensi notion salah satunya ialah dengan memperbanyak membaca agar pikiran kita terbuka luas dan menambah wawasan.

    ReplyDelete
  22. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    sebelum saya membaca artikel ini, saya sering menemukan kata notion di beberapa artikel dari jurnal-jurnal atau artikel berbahasa inggris yang ditulis bapak di blog ini. hasil translate nya adalah pendapat. jadi selama ini saya mengira notion itu pendapat. tapi ternyata notion lebih dari pendapat. agak susah saya menemukan kata-kata yang pas selain dari yang telah dijelaskan oleh bapak dalam artikel ini. terima kasih pak.

    ReplyDelete
  23. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Cara untuk meningkatkan kualitas Notion dapat dengan dialog/diskusi. Karena hal tersebut menjadi ajang untuk menyampaikan pendapat, bertukar pikiran, bahkan mendapatkan pengetahuan yang belum diketahui. Hal tersebut dapat membuat kita semakin meyakini pendirian kita ataupun membuka pikiran kita dengan sudut pandang baru.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  24. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Tentu saja saat mengungkapkan pendapat dan merumuskan pikiran berfilsafat harus disertai pengetahuan Pikiran para Filsuf, selain dapat menambah kualitas pendapat kita juga dapat mengembangkan pikiran filsuf tersebut selain itu juga terhindar dari sifat hypothetical.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  25. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    "Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita."
    Oh, saya selama ini selalu bingung mendefinisikan notion. Kalau para filsuf, saya sangat kagum dengan Imanuel Kant. Ketika Pak Marsigit memberikan bacaan berupa salah satu bukunya, yaitu "The Critic of Pure Reason", saya benar-benar terkagum-kagum akan pemikiranya. Saya ingat dalam bukunya Imanuel Kant mengungkapkan bagaimana pikiran manusia memangn terbatas, namun ia tak ingin menilai pikiran manusia dari keterbatasannya saja. Sungguh pemikiran yang sangat maju di masa itu. Imanuel Kant bahkan dapat menengahi beberapa pemikiran filsuf yang saling bertentangan. Saya sangat senang bisa sedikit mengenal sosok Imanuel Kant dari perkuliahan filsafat ini.

    ReplyDelete
  26. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Untuk meningkatkan dimensi notions kita, kita harus memahami tingkatan dari material-formal-normatif-spiritual. Jika kita masih berpikir tentang kebendaan, kita masih berada di taraf material. Kemudian pemaknaan-pemaknaan termasuk metafisik menaikkan dimensi kita menuju formal dan normative. Tingkatan tertinggi filsafat adalah spiritualism, yaitu bagaimana dengan filsafat dapat menambah keyakinan, iman, dan takwa kita pada Allah SWT.

    ReplyDelete
  27. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Saya baru mengetahui bahwa notion adalah ungkapan dari apa yang kita pikirkan. Notion bisa dikembangkan oleh setiap orang, namun juga tergantung dengan bagaimana usahanya dalam meningkatkan notion pada dirinya. Notion mempunyai dimensi yakni spiritual, normatif dan formal yang paling sederhana tapi sekaligus juga itu menjadi dimensi yang paling penting. Yang ada dalam benak saya adalah seringkali antara pikiran dengan ucapan yang keluar dari mulut itu tidak sinkron. Apakah itu berarti saya belum mampu mengontrol dan mengembangkan notion dalam diri saya? semoga lain kali bisa terjawab rasa penasaran ini. Terimakasih prof.

    ReplyDelete
  28. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk Verbalnya, maka kita memeroleh apa yang disebut Utterances atau Ucapan. Jika kita berfilsafat dengan tidak merujuk Pikiran para Filssuf, maka kualitas Notion kita belum mempunyai kriteria Normatif. Tetapi hanya baru bersifat hypothetical.Untuk meningkatka kualitas Comment dan Notion kita dalam diskusi Filsafat kita dapat mencoba merefer Pikiran para Filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya.Peningkatan Dimensi Notion harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme. Karena Plagiarisme akan membakar habis semua karya-karya kita.Notion yang terlalu singkat terancam untuk cenderung menjadi Reduksionisme, sedangkan Notion yang terlalu panjang tetapi kurang bermakna akan teramcam menjadi Rubish/Sampah.

    ReplyDelete
  29. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Segala ungkapan yang berkaitan dengan pikir adalah nation. Dari sini menurut saya nation berarti tindakan sadar yang dilakukan manusia. Bila demikian yang dapat meningkat dimensi nation hanya orang yang masih normal. Bagaimana meningkatkan nation? Dari penjelasan Prof, caraya adalah dengan kita membaca tulisan tulisan para filsuf. Hal ini di lakukan guna memperkaya wawasan yang kita miliki. Karena ketika semakin kaya wawasan kita makan kita akan semakin mudah memaknai dan menyikapi kehidupan. Tapj kita harus senantiasa tawadhu agar hal yang kita lakukan secara sadar bukan merupakan kegiatan plagaisi.

    ReplyDelete
  30. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dalam rangka meningkatkan notion, salah satu yang dapat kita lakukan adalah dengan menyeimbangkan setiap aspek dalam kehidupan kita dengan keilmuan, pengetahuan, dan pengalaman. Dimensi notion kita akan meningkat jika kita mau banyak belajar, banyak membaca, banyak melihat sekitar dengan kepekaan. Dalam hal ini tentu dibutuhkan kejernihan hati dan pikiran agar kita mampu belajar secara optimal.

    ReplyDelete
  31. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Salah satu cara untuk mengembangkan kompetensi guru/calon guru pada zaman sekarang adalah dengan membuat suatu proses kegiatan yang disebut dengan research. Kegiatan ini mengajak serta mengajarkan guru/calon guru untuk menjadi penulis dalam menghasilkan sebuah karya. Karena guru yang hebat adalah guru yang mampu menjual ide-ide kreatifnya serta mampu mennghasilkan suatu karya yang dapat membuatnya dikenal oleh para kaum akademisi yang lain. Namun, untuk mewujudkan hal ini bukanlah suatu perkara yang mudah melainkan memerlukan latihan, bimbingan, dan pembiasaan karena melalui tulisan seseorang mampu meningkatkan kemampuan notions-nya baik dalam berbahasa ilmiah mamupun dalam berbahasa filsafat

    ReplyDelete
  32. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Saya sangat setuju untuk meningkatkan notion-notion kita adalah dengan rajin merujuk pada pemikiran-pemikiran para filsuf. Jika kita pasif, maka kita tidak akan memperoleh apa-apa. Istilah yang sering kita gunakan adalah menjemput bola. Kita tidak boleh pasif dalam meraih ilmu. Ilmu tidak akan datang kepada kita begitu saja, kita yang harus meraihnya dengan hati dan pikrian yang ikhlas

    ReplyDelete
  33. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017


    Berbicara mengenai nation, maka berhubungan dengan pikiran secara langsung. Sehingga dalam upaya meningkatkan dimensi nation dapat dilakukan dengan berbagai cara dengan banyak membaca, memperluas pergaulan, mempelajari hal baru serta berdiskusi dengan banyak orang dengan sudut pandang berbeda. Semakin banyak pengetahuan yang diperoleh, diharapkan dapat meningkatkan dimensi nation kita. Dimensi nation yang bersifat plural inilah yang diharapkan dapat membantu kita dalam memaknai dimensi nation yang lebih tinggi lagi yaitu spiritualisme.

    ReplyDelete
  34. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Saya sangat setuju untuk meningkatkan notion-notion kita adalah dengan rajin merujuk pada pemikiran-pemikiran para filsuf. Jika kita pasif, maka kita tidak akan memperoleh apa-apa. Istilah yang sering kita gunakan adalah menjemput bola. Kita tidak boleh pasif dalam meraih ilmu. Ilmu tidak akan datang kepada kita begitu saja, kita yang harus meraihnya dengan hati dan pikrian yang ikhlas

    ReplyDelete