Nov 2, 2014

Bagimana Meningkatkan Dimensi Notion Kita?

Oleh Marsigit



Kita dapat mengukur atau memosisikan seberapa kualitas Notion kita.



Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk Verbalnya, maka kita memeroleh apa yang disebut Utterances atau Ucapan.

Segala ungkapan, pernyataan atau kalimat kita dalam dialog baik secara lisan maupun tertulis, memunyai Dimensi.

Dimensi yang sering saya pikirkan adalah : Spiritual, Normatif, Formal, dan Material.

Tetapi itu sangat bersifat sederhana. Kita bisa menambah misalnya : Spiritual, Legal, Normatif, Formal, dan Material.

 Tetapi kita juga bisa menambah misalnya: Spiritual, Politik, Legal, Normatif, Formal dan Material.


Jika kita berfilsafat dengan tidak merujuk Pikiran para Filssuf, maka kualitas Notion kita belum mempunyai kriteria Normatif. Tetapi hanya baru bersifat hypothetical.


Hyphotetical merupakan tahap pertama metode berpikir dan biasanya dilakukan secara Common Sense (orang awam).

Untuk meningkatka kualitas Comment dan Notion anda dalam dialog/diskusi Filsafat anda dapat mencoba merefer Pikiran para Filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya.

Selamat meningkatkan kualitas Notion-notion.

Diagram berikut dapat dikembangkan secara kreatif sehingga dapat menuntun kita meningkatkan dimensi Notion kita.


Para Mahasiswa boleh membuat alternatif Dimensi sehingga kita semua dapat memeroleh khasanah pengetahuan yang lebih luas.

Peningkatan Dimensi Notion harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme. Karena Plagiarisme akan membakar habis semua krya-karya kita.

Notion yang terlalu singkat terancam untuk cenderung menjadi Reduksionisme; sedangkan Notion yang terlalu panjang tetapi kurang bermakna akan teramcam menjadi Rubish/Sampah.  Notion menuju Singkat berarti menuju Monisme; Notion menuju panjang berarti menuju Pluralime. Melalui Pluralisme/Dunia kita berusaha memaknai Spiritualisme/Monisme.

Diskusi bisa kita lanjutkan di dalam kelas Perkuliahan.


Add caption

3 comments:

  1. Siti Mufidah
    13301241036
    Pendidikan Matematika A 2013

    Berkaitan dengan, notion,segala sesuatu yang berkaitan langsung dengan pikiran manusia. Komentar di blog yang kita tuliskan juga berkaitan dengan notion, seberapa kritis dan tanggap terhadap apa yang dibaca serta menanggapi berbagai tulisan yang disajikan dalam blog tersebut. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas komentar dan notion manusia dengan merefer pikiran para filsuf dengan pendapatnya. Mari, kita meningkatkan kualitas notion-notion kita.

    ReplyDelete
  2. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Spiritual, Normatif, Formal, dan Material. Inilah sederetan dimensi yang sering kita pikiran. Kita bisa saja memikirkan hal yang lain dan dimensi kita pun bertambah. Oleh karena itu, jika kita ingin agar notion kita bertambah, maka kita harus belajar dari pikiran para filsuf. Tetapi itu juga belum cukup untuk meningkatkan notion kita. Yang harus kita lakukan adalah belajar dan terus belajar dengan hati dan pikiran yang ikhlas agar pikiran kita tidak hanya memikirkan satu hal saja tetapi tentang banyak hal. Mencoba untuk keluar dari zona nyaman agar pikiran kita tidak terancam oleh pikiran kita sendiri.

    ReplyDelete
  3. Siska Nur Rahmawati
    167012510128
    PEP-B 2016

    Sebagai manusia yang memiliki akal pikiran, kita dituntut untuk selalu belajar, belajar, belajar memperbanyak pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan untuk meningkatkan nation yang ada pada diri kita. Nation juga dapat ditingkatkan dengan meningkatkan spiritual, normatif, formal, dan material. Kita belajar dari pemikiran-pemikiran para filsuf untuk dapat mengembangkan pikiran kita.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.