Nov 2, 2014

Bagimana Meningkatkan Dimensi Notion Kita?

Oleh Marsigit



Kita dapat mengukur atau memosisikan seberapa kualitas Notion kita.



Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk Verbalnya, maka kita memeroleh apa yang disebut Utterances atau Ucapan.

Segala ungkapan, pernyataan atau kalimat kita dalam dialog baik secara lisan maupun tertulis, memunyai Dimensi.

Dimensi yang sering saya pikirkan adalah : Spiritual, Normatif, Formal, dan Material.

Tetapi itu sangat bersifat sederhana. Kita bisa menambah misalnya : Spiritual, Legal, Normatif, Formal, dan Material.

 Tetapi kita juga bisa menambah misalnya: Spiritual, Politik, Legal, Normatif, Formal dan Material.


Jika kita berfilsafat dengan tidak merujuk Pikiran para Filssuf, maka kualitas Notion kita belum mempunyai kriteria Normatif. Tetapi hanya baru bersifat hypothetical.


Hyphotetical merupakan tahap pertama metode berpikir dan biasanya dilakukan secara Common Sense (orang awam).

Untuk meningkatka kualitas Comment dan Notion anda dalam dialog/diskusi Filsafat anda dapat mencoba merefer Pikiran para Filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya.

Selamat meningkatkan kualitas Notion-notion.

Diagram berikut dapat dikembangkan secara kreatif sehingga dapat menuntun kita meningkatkan dimensi Notion kita.


Para Mahasiswa boleh membuat alternatif Dimensi sehingga kita semua dapat memeroleh khasanah pengetahuan yang lebih luas.

Peningkatan Dimensi Notion harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme. Karena Plagiarisme akan membakar habis semua krya-karya kita.

Notion yang terlalu singkat terancam untuk cenderung menjadi Reduksionisme; sedangkan Notion yang terlalu panjang tetapi kurang bermakna akan teramcam menjadi Rubish/Sampah.  Notion menuju Singkat berarti menuju Monisme; Notion menuju panjang berarti menuju Pluralime. Melalui Pluralisme/Dunia kita berusaha memaknai Spiritualisme/Monisme.

Diskusi bisa kita lanjutkan di dalam kelas Perkuliahan.


Add caption

58 comments:

  1. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Hal yang saya dapatkan setelah membaca artikel di atas yaitu tentang notion adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Ketika berfilsafat kitaharus merujuk pada pemikiran para filsuf. Hal ini dikarenakan dalam filsafat sumber pengetahuan, macam pengetahuan, pembenaran pengetahuan semuanya mengecu pada pikiran-pikiran para filsuf sejak jaman yunani kuno hingga jaman sekarang. Oleh karena itu, filsafat merupakan suatu ilmu yang telah dikembangkan oleh pemikiran-pemikiran para filsuf sejak jaman dahulu. Jadi ketika kita berfilsafat dengan tidak merujuk pada pemikiran para filsuf notion kita belum mempunyai kriteria normatif, tetapi bersifat hypothetical.

    ReplyDelete
  2. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Menyinggung mengenai Nation, menurut saya Nation merupakan mengucap atau berlisan. Selama ini kita dapat berucap semau kita, entah itu baik atau buruk. Alangkah baiknya jika ucapan itu mengenai pada Spiritual, Normatif, Formal, dan Material. Hal tersebut menjadi fondasi dalam berucap dengan didahului dengan berfikir. Berfikir tentang pentingnya hubungan vertikal, mengetahui sopan santun dan bermasyarakat. Ucapan yang terkontrol akan mudah diterima dengan baik oleh orang. Dalam masyarakat ketika seseorang yang mampu mengkombinasikan beberapa komponen tersebut akan diterima oleh masyarakat. Mengapa?, Karena apabila seseorang itu pintar, cerdas, mempunyai skill dan terkenal namun sopan santunnya sangat buruk untuk ditiru akan memperburuk keadaan dan akibatnya dikucilkan masyarakat.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Notion adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Dengan selalu belajar dan menuntut ilmu setiap saat maka dimensi notion kita akan semakin luas. Lalu bagaimana kita meningkatkan notion kita saat bersilsafat?. Berfilsafat tanpa membaca sama saja bohong. Jika kita hanya berfilsafat ala kadarnya saja, kita bisa dikatakan sebagai orang awam yang hanya asal komentar. Lalu untuk meningkatkan notion kita, kita perlu banyak membaca. Untuk meningkatkan notion dalam berfilsafat, kita perlu membaca pikiran-pikiran para filsuf. Jadi jika ingin pandai berfilsafat, maka baca baca dan bacalah elegi, baca komentar-komentarnya, kemudian mencari antitesis dan membuat sintesisnya.

    ReplyDelete

  4. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Setelah memabaca tulisan bapak, maka saya dapat mengambil kesimpuan bahwa kita dapat mengukur kualitas kita dengan notion yang mana notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk Verbalnya, maka kita memeroleh apa yang disebut Utterances atau Ucapan. Dengan memeperkuat notion kita maka kita dapat dimensi kita, deminsi yang kita bicara ini adalah Spiritual, Normatif, Formal, dan Material. yang mana keempat dimensi itulah d=yang membentuk dan meningkatkan notion kita. jika kita berfilsafat dengan tidak merujuk Pikiran para Filssuf, maka kualitas Notion kita belum mempunyai kriteria Normatif. Tetapi hanya baru bersifat hypothetical. Yanga mana Hyphotetical merupakan tahap pertama metode berpikir dan biasanya dilakukan secara Common Sense (orang awam). Sehingga kita ucapan yang kita ucapkan harus ada landasan yang kuat agar notion kita juga kuat.

    ReplyDelete
  5. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Notion dapat berupa pada apa saja yang kita ucapkan, tuliskan, dan ungkapkan. Ada kemungkinan kita membuat notion yang baik atau pun tidak baik. Notion yang baik tidak serta merta datang begitu saja. Menurut saya notion sangat dipengaruhi oleh kualitas pemikiran kita, sedangkan pemikiran sangat bergantung pada isi yang ada pada kita. Isi di sini berarti pengetahuan. Agar notion kita menjadi baik dengan kualitas tinggi tentunya kita harus banyak belajar, membaca, berpikir kritis, dan usaha lainnya. Notion yang baik dan berkualitas juga dapat dihasilkan dari kesungguhan dan keikhlasan.

    ReplyDelete
  6. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dimensi notion yang bertahap-tahap secara tidak langsung menambah satu lagi ukuran diri kita dari orang lain. Semakin tinggi dimensi notion kita, semakin tinggi pula kualitas kita. Namun hal ini juga membuka pikiran saya bahwa posisi kita terhadap orang lain tidak hanya bisa diukur secara penampilan, pendidikan, namun juga dimensi notion. Seandainya saja ada seorang bapak-bapak yang berpendidikan tinggi tapi cara dia berpikir masih Hypotetical, dan ada seorang anak pemikir sudah berada pada dimensi diatasnya, maka dalam konteks ini si anak lebih berkualitas daripada bapak tadi.

    ReplyDelete
  7. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Notion setiap orang memang berbeda-beda. Hal ini Nampak jelas pada pemikiran-pemikiran setiap orang yang berbeda bahkan ucapannya. Ini terjadi karena perbedaan tingkat dimensi yang meliputi spiritual, normatif, formal, dan material. Tentu ini bukanlah kriteria mutlak. Misalnya saja pendapat seseorang, yang masih berupa hipotesis, tentu berbeda tingkatan notion nya dengan pendapat yang didasarkan pada pendapat Filsuf yang sudah universal dan bersifat normatif.

    ReplyDelete
  8. Syahlan Romadon
    PM C 2016/ 16709251047

    Berdasarkan artikel ini, maka cara meningkatkan notion dimensi kita dalam belajar filsafat adalah dengan merujuk pada pemikiran para filsuf kemudian berusaha memahaminya dengan pikiran kritis. Selain itu, dalam mengungkapkan sesuatu janganlah terlalu singkat karena dikhawatirkan akan terjadi reduksi, dan janganlah terlalu panjang karena terancam tidak memiliki makna.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dari elegi tersebut saya mendapakan pengetahuan baru. Nation tidak lain dan tidak bukan adalah pikiran diri sendiri. Pikiran ini dapat dilihat pada kualitas dimanakah kita sekarang sesuai dengan memenuhi dimensi – dimensi yang bada. Yaitu dimensi spiritual, normative, formal dan material. Untuk meningkatkan notion setidaknya harus meningkatkan pikiran ini. Caranya adalah meningkatkan segala dimensi agar bertambahlah kualitas pikiran dalam menjalani hidup untuk mewujudkan kehidupan yang berkualitas pula.

    ReplyDelete
  10. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Cara untuk meningkatkan dimensi notion kita adalah dengan terus belajar belajar belajar. Namun belajar saja tidak cukup karena berpikir dalam belajar hanya baru separo dunia, dan terancam menjadi kosong. Maka sebenar-benar belajar/hidup adalah berjuang agar kita tidak menjadi buta dan tidak menjadi kosong serta untuk menggapai setengah nya lagi adalah selalu ikhtiar dengan berdoa, berdoa dan berdoa. Semoga kita dapat meningkatkan dimensi notion kita.

    ReplyDelete
  11. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Kualitas notion orang awam menurut pandangan para filsuf belumlah merujuk pada kriteria Normatif seperti yang ada dalam diri para filsuf, tetapi kualitas notion orang awam menurut para filsuf baru bersifat hypothetical. Yang merupakan tahap pertama metode berpikir dan biasanya dilakukan secara Common sense. Sebagai orang awam, kita perlu meningkatkan kualitas notion kita dengan mencoba memahami pemikiran para filsuf dari pandangan-pandangan yang dimilikinya. Peningkatan kualitas notion ini harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme karena Plagiarisme akan membakar habis semua karya-karya yang sudah kita miliki.

    ReplyDelete
  12. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Notion adalah hal yang berhubungan dengan pikiran dalam bentuk ucapan. Meningkatkan notion dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas spiritual, normatif, formal, dan material. Dan selanjutnya ialah rajin membaca seperti Membaca buku tentang bagaimana pemikiran para filsuf. Tetapi ingatlah semua itu yang paling berpengaruh ialah keaadan spiritualitas kita, karena dalam meningkatkan kualitas diri manusia jika tanpa spiritual yang seimbang kita akan sesat.

    ReplyDelete
  13. hyldha wafda mufida
    14301241026
    s1 pendidikan matematika a 2014

    notion adalah ungkapan yang berkaitan langsung dengan pemikiran. notion yang dimiliki oleh setiap mausia tentunya pada tingkatan dan kemampuan yang berbeda-beda. untuk itu, dalam meningkatkan notion setiap ndividu, tidak lepas dari kualitas spiritual, normatif, formal dan material.
    seperti pesan yang selalu prof. Marsigit sampaikan, kunci untuk meningkatkan hal itu adalah dengan baca baca dan baca. disamping itu, hal yang perlu digali lebih dalam dibandingkan yang lain adalah tentang kualitas spiritual, karena hal ini yang paling berpengaruh pada notion dan kehidupan kita.

    ReplyDelete
  14. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika
    Notion adalah semua ungkapan,pernyataan, kalimat yang terdapat dalam pikiran manusia yang dapat disampaikan baik secara lisan maupun tulisan yang mencakup berbagai dimensi yaitu Spiritual, Normatif, Formal, dan Material. Untuk meningkatkan notion yang kita miliki, kita dapat membiasakan diri kita dengan membaca berbagai sumber ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  15. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Notion merupakan ungkapan yang berhubungan langsung dengan pikiran kita dan setiap ungkapan yang keluar mempunyai dimensi. Untuk dapat meningkatkan notion dalam percakapan mengenai filsafat ilmu kita harus merujuk pada pendapat-pendapat para filsuf. Sama halnya dalam kehidupan sehari-hari, jika dalam sebuah percakapan atau dalam forum diskusi di dalam kelaspun demikian. Agar percakapan yang kita lakukan hidup maka kita harus mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang memadai agar dapat saling bertukar pemikiran dengan orang lain.

    ReplyDelete
  16. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Notion adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita, sehingga kualitas notion tergantung dari ilmu yang telah kita dikuasai. Setiap orang mempunyai notion yang berbeda-beda dan banyaknya notion itu sebanyak orang yang memikirkannya. Untuk meningkatkan notion, maka kita perlu memperbanyak membaca. Namun terkadang apa yang kita pikirkan, sulit untuk diungkapkan, disinilah terdapat proses notion.

    ReplyDelete
  17. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Perkuliahan dengan pak Marsigit merupakan hal yang baru bagi saya. Sehingga ketika pertama disuruh comment di blog pak Marsigit saya bingung harus menulis apa biar sesuai. Sampai sekarang juga masih bingung harus menulis yang sesuai dengan kriteria notion yang pas menurut pak Marsigit. Akhirnya saya putuskan untuk menulis filosofi saya sendiri. Karena pak Marsigit juga pernah menyatakan bahwa pada akhirnya filsafat adalah dirimu sendiri. Sehingga dengan comment di blog pak Marsigit ini, saya dapat mempertajam filosofi saya sendiri. Namun saya tidak dapat memastikan bahwa filosofi saya adalah murni filosofi saya sendiri. Bisa saja, pikiran saya terpengaruh pikiran pak Marigit, pikiran Ibnul Qayyim, pikiran Sufyan Ats Tsauri, pikiran Aristoteles, atau malah pikiran Plato.

    ReplyDelete
  18. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Dan jika dituangkan dalam bentuk verbal disebut ucapan. Ucapan mempunyai tingkatan dimensi, mulai dari bawah material, formal, normatif, spiritual. Ucapan material yaitu ucapan berdasarkan pandangan tanpa didasarkan pada referensi, hanya hasil dari pemikiran kita saja. Ucapan formal yaitu ucapan yang terjadi di dalam masyarakat, diperlukan sopan dan santun dalam berucap. Ucapan yang didasarkan pada referensi yaitu ucapan normatif. Untuk membawa ucapan material ke normatif, kita bisa merujuk ke pemikiran-pemikiran para filsuf. Hal ini akan menghindarkan kita dari plagiarisme. Dan tingkatan paling tinggi adalah spiritual, inilah ucapan kita kepada Tuhan, dengan cara berdoa yang baik kita berdoa kepada-Nya.

    ReplyDelete
  19. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Notion bersifat spontan. Spontanitas pikiran kita ini dipengaruhi oleh referensi yang tersimpan di benak kita. Dengan membaca (merefer) pemikiran para filsuf kita berusaha membuat pikiran kita isomormorfis dengan pendapat filsuf tersebut dari berbagai dimensi baik spiritual, normatif, formal, material dan dimensi-dimensi lain mungkin ada.

    ReplyDelete
  20. Elli Susilawati
    16709251073
    PPs Pendidikan Matematika D 2016
    Untuk meningkatkan notion kita salah satu caranya adalah banyak membaca. Banyak membaca tuisan orang lain, pengalaman orang lain akan memberi pemikiran yang berkembang bagi kita. dalam filsafat, ada baiknya kita banyak membaca pikiran para filsuf untuk mengembangkan notion kita.

    ReplyDelete
  21. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika ditekankan pada bentuk verbalnya, maka diperoleh apa yang disebut ucapan. Nation memiliki dimensi yaitu : spiritual, normatif, formal, dan material. Untuk meningkatkan kualitas notion dapat dilakukan dengan merefer pikiran para filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya.

    ReplyDelete
  22. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Notion yang di dasari oleh pemikiran para filosof memang sangat penting. Namun menurut pemikiran saya itu berlaku untuk forum-forum resmi dan formal. Mario Teguh dalam mengimplementasikan notionnya menjadi suatu ucapan tetap enak didengar dan bisa masuk dihati para pemirsanya bahkan sangat memotivasi pemirsa yang menonton meskipun dia tidak mengutip kata-kata para filusuf dan hanya berdasarkan local genious. Meningkatkan dimensi nation berdasarkan empat dimensi yang telah disebutkan pastinya disesuaikan dengan kondisi ruang dan waktu. Jika dimensi nations dari segi material tentunya nations-ations yang berhubungan denga argumen-argumen kita terhadap fenomena dunia. Namun dari segi normatif dan formalitas tentunya beda lagi dimana argumen kita mesti resmi dan berbobot misalnya ketika di forum internasional seperti komprensi dan rapat yang berhadapan dengan para Dewa. Nations yang paling tinggi adalah nation dimensi Spiritual

    ReplyDelete
  23. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Jika kita membicarakan tentang notion maka akan berhubungan dengan pikiran kita secara langsung. Upaya kita dalam meningkatkan notion bisa dilakukan dengan berbagai cara dengan banyak membaca, memperluas pergaulan dan mempelajari hal-hal yang baru serta berdiskusi dengan banyak oang yang memiliki sudut pandang yang berbeda. Semakin banyak pengetahuan yang diperoleh maka harapannya semakin meningkat notion kita. Dimensi notion bersifatplural inialah yang diharapkan dapat membantu kita dalam memaknai dimensi notion yang lebih tinggi lagi. Dimensi notion tertinggi adalah spiritualisme.

    ReplyDelete
  24. Hening Carrysa
    14301241012
    Pendidikan Matematika A 2014

    Pikiran merupakan bagian dari nation, karena nation adalah segala ungkapan yang berkaitan dengan pikiran kita yang berdimensi spiritual, normatif, formal dan material. Kita dapat meningkatkan nation kita dengan cara memperbanyak referensi, bacalah dan pahamilah.

    ReplyDelete
  25. Zuharoh Yastara Anjani
    14301241025
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Notion merupakan hal yang masih sangat asing bagi saya. Dalam artikel ini dijelaskan bahwa notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Cara untuk meningkatkan notion adalah dengan terus belajar. Oleh karena itu, kita hendaknya membiasakan diri untuk ‘haus akan ilmu pengetahuan’ dengan memperkaya bacaan.

    ReplyDelete
  26. Untuk meningkatkan dimensi notion kita, upaya-upaya yang dapat kita lakukan adalah menyediakan waktu dengan menambah wawasan dan pengetahuan dengan membaca, aktivitas belajar ataupun berdiskusi dengan orang lain yang lebih berkompeten. Peningkatan dimensi secara bertahap akan meningkatkan dimensi notion kita. Belajar sepanjang hayat, belajar dimana saja dan kapan saja. Banyak membaca dan menuangkan ide.

    ReplyDelete
  27. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Notion adalah ungkapan langsung dari pikiran kita. Sehingga, setiap manusia pasti memiliki kualitas notion yang berbeda, tergantung pada pengetahuan yang diketahuinya. Karena notion berkaitan dengan pengetahuan, maka kita harus senantiasa memperbanyak membaca karena jika tanpa membaca (tanpa merujuk pada pikiran para filsuf) maka hanyalah suatu hypothetical.

    ReplyDelete
  28. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Notion diartikan sebagai segala ungkapan yang terkait langsung dengan pikiran. Oleh karena itu sebagai manusia kita harus selalu mengasah pikiran kita agar dapat meningkatkan dimensi notion kita. Salah satu caranya yaitu dengan terus belajar untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita, menerima perubahan positif sehingga dapat menghasilkan ide-ide dan mampu memecahkan masalah secara kreatif. Betapa mulianya kita manusia yang telah dianugrahkan pikiran oleh Allah SWT. Alangkah baiknya kita selalu menjaga dan mengembangkan pemikiran kita untuk menuju tujuan hidup.

    ReplyDelete
  29. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Salah satu cara untuk meningkatkan dimensi notion kita adalah dengan banyak membaca. Dalam diskusi filsafat ilmu jika ingin meningkatkan dimensi notion maka baca dan pahamilah pemikiran-pemikiran filsuf yang ada. Dimensi notion adalah sesuatu hal yang fleksibel, tidak hanya berpaku pada dimensi formal, spiritual, legal, normatif, dan masih banyak lagi yang lainnya. Meningkatkan dimensi notion sama dengan meningkatkan tingkat berpikir kritis kita.

    ReplyDelete
  30. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Marsigit yang telah berbagi tulisan tentang Bagaimana Meningkatkan Dimensi Notion Kita. Sejujurnya, saya sendiri baru mengetahui istilah Notion dari membaca artikel di atas. Dan sepemahaman saya dari apa yang telah saya baca di atas yaitu Notion merupakan segalah sesuatu yang dituangkan dari apa yang ada dalam pemikiran kita.

    ReplyDelete
  31. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menurut saya, untuk meningkatkan dimensi Notion Kita yaitu dengan banyak-banyak membaca referensi yang ada. Juga perlu membaca pendapat-pendapat para ahli. Hal itu juga untuk mencegah terjadinya plagiarisme yang mungkin saja tidak kita sadari.

    ReplyDelete
  32. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Terimakasih atas artikel di atas. Setiap membaca timbul beberapa pertanyaan namun dengan bijak telah dijawab pula oleh Bapak dalam artikel ini. Dan hal ini memotivasi saya untuk membuat sebuat notion atau tulisan yang baik pula.
    Namun terdapat beberapa hal yang mengganjal bagi saya yaitu mengenai “notion panjang” dan “notion pendek”. Di atas dikatakan bahawa “notion pendek” menuju monoisme yang berlabuh pada spiritual. Bukankah spritual itu merupakan sesuatu yang panjang. Bahkan hingga akhir hayat kita saja tak akan berhenti berhubungan dengan spiritual. Dan tak ada satu pun yang tahu kapan kita terbutus dengan spiritual. Hal ini karena spiritual adalah hidup yang abadi. Dan sebaliknya “notion panjang” menuju pluralisme yaitu dunia. Bukankah kehidupan atau urusan dunia itu hanya sementara. Hanya sepanjang umur kita. Saat kita sudah meninggal maka putuslah urusan kita dengan dunia. Tetapi mengapa dikatakan sebagai notion panjang?

    ReplyDelete
  33. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya baru saja mengenal istilah notion dalam tulisan di atas. Ternyata notion berasal dari bahasa Inggris yang berarti gagasan. Gagasan berarti apa yang kita ucapkan atau pendapat kita yang tentunya berasal dari pikiran kita. Sehingga, untuk meningkatkan dimensi notion kita, kita harus meningkatkan ilmu pengetahuan yang kita miliki, yaitu dengan cara banyak membaca, salah satunya dapat juga dengan membaca tulisan-tulisan di blog ini.

    ReplyDelete
  34. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Untuk mengutarakan gagasan (notion) yang berkaitan dengan filsafat, seharusnya terlebih dahulu membaca atau memahami tentang pemikiran para filsuf agar gagasan yang diutarakan dapat mencapai dimensi normatif, bukan hanya sekadar hipotesis.

    ReplyDelete
  35. Tahtalia
    14301241031
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    "Nation adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita". Seseorang sudah seharusnya mampu mengemas ungkapannya yang sesuai dengan pikiran tanpa melakukan hal-hal yang tidak pantas , hal tersebut sesuai dengan ungkapan "ajining diri ana ing lathi, ajining raga ana ing busana". Oleh karena itu, kita harus terus belajar dalam mengungkapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pikiran kita secara tepat.

    ReplyDelete
  36. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. pada artikel di atas dijelaskan bahwa notion merupakan segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Dalam berfilsafat terdapat aliran-aliran filsafat yang mungkin saja mempengaruhi pemikiran kita. Untuk meningktkan dimensi notion salah satunya ialah dengan memperbanyak membaca agar pikiran kita terbuka luas dan menambah wawasan.

    ReplyDelete
  37. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kita dapat meningkatkan dimensi notion kita dengan cara berpikir dan terus memperluas pengetahuan dengan memperbanyak membaca. Menurut saya, setiap orang dapat dibedakan dari sisi notion nya, bagaimana dia dapat berbicara dan mengeluarkan pendapat yang berbobot sesuai dengan ilmu yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  38. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Mengingat bahwa filsafat berbicara mengenai yang ada dan yang mungkin ada maka, tidak ada yang dapat membatasi pikiran kita, sehingga tidak ada yang bisa membatasi filsafat. Manusia itu mempunyai dimensi yang lengkap, yaitu dimensi material, spiritual, formal, dan normatif. Dirimu secara material adalah yang konkrit, dirimu secara formal adalah tulisanmu, dirimu secara normatif adalah pikiranmu dan dirimu secara spiritual adalah doamu.

    ReplyDelete

  39. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ketika kita ingin mengutarakan pemikiran tentang filsafat, sabaiknya kita membaca pendapat-pendapat para filsuf sehingga kualitas kualitas notion kita belum bersifat normatif. Tetapi hanya baru bersifat hypothetical.

    ReplyDelete
  40. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Cara meningkatkan notion kita yaitu dengan banyak-banyak membaca teori dan pendapat para filsuf. Semakin kita punya banyak referensi maka kualitas notion yang kita utarakan semakin berkualitas baik. Salah satu halnya yaitu membaca blog ini dengan banyak membaca artikel-artikel yang ada.

    ReplyDelete


  41. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sepintar-pintarnya kita dan merasa hebat, hanya merasa bahwa pemikiran kita adalah yang paling benar maka hal ini adalah salah besar. Kita harus melihat pendapat-pendapat orang-orang yang lebih duou dari kita. Dengan adanya pendapat-pendapat orang terdahulu, yaitu filuf-filsuf maka kita akan meningkatkan kualitas notion kita.

    ReplyDelete
  42. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari tulisan yang disajikan Bapak prof. Marsigit di artikel ini, saya menjadi tahu istilah baru yaitu “notion”. Notion merupakan segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Ternyata notion bisa ditingkatkan melaui banyak membaca referensi. Referensi yang valid artinya pendapat-pendapat filsuf.

    ReplyDelete
  43. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Kata notion masih asing ditelinga dan pikiran saya, namun setelah membaca postingan ini saya menjadi tau apa itu notion. Notion merupakan segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Ketika seseorang berbicara, berarti secara langsung orang tersebut menunjukkan dimensi dari notionnya dan menunjukkan tingkat pengetahuan yang dimilikinya. Oleh karena itu, untuk mengingkatkan dimensi notion yang kita miliki, kita bisa meningkatkan pengetahuan kita, yaitu dengan membaca, membaca, dan membaca.

    ReplyDelete
  44. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bagaimana meningkatkan dimensi notion (pikiran) kita? Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan dimensi pikiran kita, tetapi cara yang paling efektif dan sebenarnya mudah dilakukan adalah dengan baca, baca, dan baca. Jika ada dua orang, yang satu rajin membaca dan yang satu jarang membaca, maka kualitas pikirannya akan berbeda jauh, yang banyak membaca akan memiliki dimensi pikiran yang lebih tinggi dibanding orang satunya. Maka dari itu, banyak-banyaklah membaca.

    ReplyDelete
  45. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Yang bisa saya tangkap adalah bahwa dimensi notion itu adalah segala ungkapan yang berkaitan dengan pikiran. Bagaimana mengucap dan berlisan. Jadi sebagai manusia kita harus menjaga pikiran dan ucapan kita, karna apa yang kita pikirkan apa yang kita ucapkan dapat menjadi cerminan diri kita sendiri. Untuk meningkatkan dimensia notion kita harus banyak membaca dan belajar dan menuntut ilmu setiap saat.

    ReplyDelete
  46. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam Bahasa Inggris notion adalah kata yang memiliki arti kb. 1 dugaan. 2 ide, gagasan. 3 pikiran. 4 pikiran, maksud. -nations j. barang kelontong.

    ReplyDelete
  47. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan artikel tersebut saya menjadi mengatahui apa itu notion. Dalam artikel tersebut notion di definisikan sebagai segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Saya setuju bahwa jika ketika kita akan berfilsafat kita harus merujuk pikiran para filsuf hal ini dikarenakan keterbatasan kita untuk memahami filsafat. Sehingga dapat disimpulkan untuk meningkakan kualitas notion kita, kita harus merujuk para ahli terdahulu dibidangnya masing-masing

    ReplyDelete
  48. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Notion merupakan ungkapan yang berkaitan dengan apa yang kita pikirkan. Notion yang diutarakan oleh seseorang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengukur sejauh mana tingkat pemahaman atas suatu ilmu yang mereka miliki. Notion terbagi menjadi dua, yaitu notion yang terlalu panjang maupun notion yang terlalu pendek. Notion yang terlalu panjang bisa berarti bahwa orang tersebut tidak terlalu yakin dengan apa yang akan disampaikannya (karena ilmu yang belum mencukupi) dan cenderung berpanjang lebar, hal ini juga dapat terjadi dengan notion yang terlalu pendek.

    ReplyDelete
  49. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Seperti yang telah diungkapkan di atas, kita perlu merujuk kepada notion-notion yang telah dihasilkan oleh para filsuf. Hal ini bertujuan agar kita mampu menciptakan notion yang dapat mewakili seluruh ilmu yang kita miliki dan dapat menggambarkan kepada orang lain secara tepat seberapa jauh tingkat pemahaman kita tanpa meninggalkan inti dari notion yang akan kita sampaikan.

    ReplyDelete
  50. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam hal ini notions diartikan sebagai ucapan dan tulisan. Dan saya tertarik mengenai tulisan pada baris terakhir. Benar adanya hal tersebut. Namun dalam mengeluarkan isi pikiran yang berparalel banyaknya maka notion manusia akan bercampur-campur ada. Mungkin dengan pengalaman notion itu akan menjadi lebih baik. Sehingga dalam ber-nation ini haruslah ada sikap menghargai atas kerja keras pikiran manusia karena dalam pemikiran sampah seperti yang dijelaskan itu, yang mungkin ada itu dapat menjadi bahan diskusi itu dan bukan melulu membicarakan yang ada terus menerus.

    ReplyDelete
  51. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Notion kita dapat meningkat seiring dengan banyaknya buku bacaan karya filsuf. Notion yang merupakan gagasan yang terlintas dari pemikiran kita. ketika kita banyak membaca maka akan memperlebar wawasan kita, sehingga kita bisa menghasilkan sebuah pemikiran mendasar berdasarkan sumber bacaan kita mengenai buku-buku karya filsuf.

    ReplyDelete
  52. Muhammad Mufti Hanafi
    13301244005
    Pendidikan Matematika 2013

    Nation dari setiap mahasiswa di wujudkan melalui tulisan. Dalam subjek dan obyek comment blog Bp. Marsigit, maka nation masing-masing mahasiswa diwujudkan melalui komen-komen artikel. Hal ini menjadi pelajaran berharga dalam proses pembelajaran, sehingga nation siswa dapat terus di latih dan di koreksi. Nation siswa juga dapat diasah melalui nation pendapat-pendapat guru. Sekaligus menjadi motivasi guru dalam mengembangkan kualitas nationnya sehingga dapat menelurkan karya yang berkualitas.

    ReplyDelete
  53. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Pengertian notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk verbalnya, maka kita memperoleh apa yang disebut Ucapan. Jadi segala yang kita ucapkan sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu, baik dampak dan manfaatnya, karena mungkin akan ada seseorang yang terluka/sakit hati dengan ucapan kita walaupun kita tidak menyadarinya. Sehingga dalam mengucapkan sesuatu juga memperhatikan sopan santun.

    ReplyDelete
  54. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas informasi yang Bapak berikan, saya menjadi tahu bagaimana cara meningkatkan dimensi notion saya sendiri.

    ReplyDelete
  55. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Notion atau segala sesuatu yang berkaitan langsung dengan pikiran kita merupakan salah satu cerminan dari kita dalam bentuk ucapan. Karena apa yang kita ucapkan adalah sesuai dengan apa yang ada dalam diri kita. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika ucapan itu didahului dengan pemikiran agar terkontrol. Berpikir mengenai spiritual, normatif, formal, dan material dan di sesuaikan dengan ruang dan waktu kita dalam berucap.

    ReplyDelete
  56. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Misalnya dalam kehidupan bermasyarakat di satu tempat dan ditempat lain, pastilah berbeda normanya, kesopanan, materi yang diucapkan dalam waktu atau kesempatan yang berbeda. Bagaimana menempatkan diri dalam berucapan sangatlah penting untuk meningkatkan dimensi notion kita.

    ReplyDelete
  57. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Melalui postingan ini semoga dapat membantu kita dalam meningkatkan dimensi notion kita yang sering kali tergerus dengan pesatnya arus globalisasi. Terimakasih Prof. Marsigit atas ilmu yang dibagikan kepada kami semoga menjadi amal kebaikan beliau.

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete