Nov 2, 2014

Bagimana Meningkatkan Dimensi Notion Kita?

Oleh Marsigit



Kita dapat mengukur atau memosisikan seberapa kualitas Notion kita.



Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk Verbalnya, maka kita memeroleh apa yang disebut Utterances atau Ucapan.

Segala ungkapan, pernyataan atau kalimat kita dalam dialog baik secara lisan maupun tertulis, memunyai Dimensi.

Dimensi yang sering saya pikirkan adalah : Spiritual, Normatif, Formal, dan Material.

Tetapi itu sangat bersifat sederhana. Kita bisa menambah misalnya : Spiritual, Legal, Normatif, Formal, dan Material.

 Tetapi kita juga bisa menambah misalnya: Spiritual, Politik, Legal, Normatif, Formal dan Material.


Jika kita berfilsafat dengan tidak merujuk Pikiran para Filssuf, maka kualitas Notion kita belum mempunyai kriteria Normatif. Tetapi hanya baru bersifat hypothetical.


Hyphotetical merupakan tahap pertama metode berpikir dan biasanya dilakukan secara Common Sense (orang awam).

Untuk meningkatka kualitas Comment dan Notion anda dalam dialog/diskusi Filsafat anda dapat mencoba merefer Pikiran para Filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya.

Selamat meningkatkan kualitas Notion-notion.

Diagram berikut dapat dikembangkan secara kreatif sehingga dapat menuntun kita meningkatkan dimensi Notion kita.


Para Mahasiswa boleh membuat alternatif Dimensi sehingga kita semua dapat memeroleh khasanah pengetahuan yang lebih luas.

Peningkatan Dimensi Notion harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme. Karena Plagiarisme akan membakar habis semua krya-karya kita.

Notion yang terlalu singkat terancam untuk cenderung menjadi Reduksionisme; sedangkan Notion yang terlalu panjang tetapi kurang bermakna akan teramcam menjadi Rubish/Sampah.  Notion menuju Singkat berarti menuju Monisme; Notion menuju panjang berarti menuju Pluralime. Melalui Pluralisme/Dunia kita berusaha memaknai Spiritualisme/Monisme.

Diskusi bisa kita lanjutkan di dalam kelas Perkuliahan.


Add caption

20 comments:

  1. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Hal yang saya dapatkan setelah membaca artikel di atas yaitu tentang notion adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Ketika berfilsafat kitaharus merujuk pada pemikiran para filsuf. Hal ini dikarenakan dalam filsafat sumber pengetahuan, macam pengetahuan, pembenaran pengetahuan semuanya mengecu pada pikiran-pikiran para filsuf sejak jaman yunani kuno hingga jaman sekarang. Oleh karena itu, filsafat merupakan suatu ilmu yang telah dikembangkan oleh pemikiran-pemikiran para filsuf sejak jaman dahulu. Jadi ketika kita berfilsafat dengan tidak merujuk pada pemikiran para filsuf notion kita belum mempunyai kriteria normatif, tetapi bersifat hypothetical.

    ReplyDelete
  2. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Menyinggung mengenai Nation, menurut saya Nation merupakan mengucap atau berlisan. Selama ini kita dapat berucap semau kita, entah itu baik atau buruk. Alangkah baiknya jika ucapan itu mengenai pada Spiritual, Normatif, Formal, dan Material. Hal tersebut menjadi fondasi dalam berucap dengan didahului dengan berfikir. Berfikir tentang pentingnya hubungan vertikal, mengetahui sopan santun dan bermasyarakat. Ucapan yang terkontrol akan mudah diterima dengan baik oleh orang. Dalam masyarakat ketika seseorang yang mampu mengkombinasikan beberapa komponen tersebut akan diterima oleh masyarakat. Mengapa?, Karena apabila seseorang itu pintar, cerdas, mempunyai skill dan terkenal namun sopan santunnya sangat buruk untuk ditiru akan memperburuk keadaan dan akibatnya dikucilkan masyarakat.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Notion adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Dengan selalu belajar dan menuntut ilmu setiap saat maka dimensi notion kita akan semakin luas. Lalu bagaimana kita meningkatkan notion kita saat bersilsafat?. Berfilsafat tanpa membaca sama saja bohong. Jika kita hanya berfilsafat ala kadarnya saja, kita bisa dikatakan sebagai orang awam yang hanya asal komentar. Lalu untuk meningkatkan notion kita, kita perlu banyak membaca. Untuk meningkatkan notion dalam berfilsafat, kita perlu membaca pikiran-pikiran para filsuf. Jadi jika ingin pandai berfilsafat, maka baca baca dan bacalah elegi, baca komentar-komentarnya, kemudian mencari antitesis dan membuat sintesisnya.

    ReplyDelete

  4. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Setelah memabaca tulisan bapak, maka saya dapat mengambil kesimpuan bahwa kita dapat mengukur kualitas kita dengan notion yang mana notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk Verbalnya, maka kita memeroleh apa yang disebut Utterances atau Ucapan. Dengan memeperkuat notion kita maka kita dapat dimensi kita, deminsi yang kita bicara ini adalah Spiritual, Normatif, Formal, dan Material. yang mana keempat dimensi itulah d=yang membentuk dan meningkatkan notion kita. jika kita berfilsafat dengan tidak merujuk Pikiran para Filssuf, maka kualitas Notion kita belum mempunyai kriteria Normatif. Tetapi hanya baru bersifat hypothetical. Yanga mana Hyphotetical merupakan tahap pertama metode berpikir dan biasanya dilakukan secara Common Sense (orang awam). Sehingga kita ucapan yang kita ucapkan harus ada landasan yang kuat agar notion kita juga kuat.

    ReplyDelete
  5. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Notion dapat berupa pada apa saja yang kita ucapkan, tuliskan, dan ungkapkan. Ada kemungkinan kita membuat notion yang baik atau pun tidak baik. Notion yang baik tidak serta merta datang begitu saja. Menurut saya notion sangat dipengaruhi oleh kualitas pemikiran kita, sedangkan pemikiran sangat bergantung pada isi yang ada pada kita. Isi di sini berarti pengetahuan. Agar notion kita menjadi baik dengan kualitas tinggi tentunya kita harus banyak belajar, membaca, berpikir kritis, dan usaha lainnya. Notion yang baik dan berkualitas juga dapat dihasilkan dari kesungguhan dan keikhlasan.

    ReplyDelete
  6. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dimensi notion yang bertahap-tahap secara tidak langsung menambah satu lagi ukuran diri kita dari orang lain. Semakin tinggi dimensi notion kita, semakin tinggi pula kualitas kita. Namun hal ini juga membuka pikiran saya bahwa posisi kita terhadap orang lain tidak hanya bisa diukur secara penampilan, pendidikan, namun juga dimensi notion. Seandainya saja ada seorang bapak-bapak yang berpendidikan tinggi tapi cara dia berpikir masih Hypotetical, dan ada seorang anak pemikir sudah berada pada dimensi diatasnya, maka dalam konteks ini si anak lebih berkualitas daripada bapak tadi.

    ReplyDelete
  7. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Notion setiap orang memang berbeda-beda. Hal ini Nampak jelas pada pemikiran-pemikiran setiap orang yang berbeda bahkan ucapannya. Ini terjadi karena perbedaan tingkat dimensi yang meliputi spiritual, normatif, formal, dan material. Tentu ini bukanlah kriteria mutlak. Misalnya saja pendapat seseorang, yang masih berupa hipotesis, tentu berbeda tingkatan notion nya dengan pendapat yang didasarkan pada pendapat Filsuf yang sudah universal dan bersifat normatif.

    ReplyDelete
  8. Syahlan Romadon
    PM C 2016/ 16709251047

    Berdasarkan artikel ini, maka cara meningkatkan notion dimensi kita dalam belajar filsafat adalah dengan merujuk pada pemikiran para filsuf kemudian berusaha memahaminya dengan pikiran kritis. Selain itu, dalam mengungkapkan sesuatu janganlah terlalu singkat karena dikhawatirkan akan terjadi reduksi, dan janganlah terlalu panjang karena terancam tidak memiliki makna.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dari elegi tersebut saya mendapakan pengetahuan baru. Nation tidak lain dan tidak bukan adalah pikiran diri sendiri. Pikiran ini dapat dilihat pada kualitas dimanakah kita sekarang sesuai dengan memenuhi dimensi – dimensi yang bada. Yaitu dimensi spiritual, normative, formal dan material. Untuk meningkatkan notion setidaknya harus meningkatkan pikiran ini. Caranya adalah meningkatkan segala dimensi agar bertambahlah kualitas pikiran dalam menjalani hidup untuk mewujudkan kehidupan yang berkualitas pula.

    ReplyDelete
  10. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Cara untuk meningkatkan dimensi notion kita adalah dengan terus belajar belajar belajar. Namun belajar saja tidak cukup karena berpikir dalam belajar hanya baru separo dunia, dan terancam menjadi kosong. Maka sebenar-benar belajar/hidup adalah berjuang agar kita tidak menjadi buta dan tidak menjadi kosong serta untuk menggapai setengah nya lagi adalah selalu ikhtiar dengan berdoa, berdoa dan berdoa. Semoga kita dapat meningkatkan dimensi notion kita.

    ReplyDelete
  11. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Kualitas notion orang awam menurut pandangan para filsuf belumlah merujuk pada kriteria Normatif seperti yang ada dalam diri para filsuf, tetapi kualitas notion orang awam menurut para filsuf baru bersifat hypothetical. Yang merupakan tahap pertama metode berpikir dan biasanya dilakukan secara Common sense. Sebagai orang awam, kita perlu meningkatkan kualitas notion kita dengan mencoba memahami pemikiran para filsuf dari pandangan-pandangan yang dimilikinya. Peningkatan kualitas notion ini harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme karena Plagiarisme akan membakar habis semua karya-karya yang sudah kita miliki.

    ReplyDelete
  12. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Notion adalah hal yang berhubungan dengan pikiran dalam bentuk ucapan. Meningkatkan notion dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas spiritual, normatif, formal, dan material. Dan selanjutnya ialah rajin membaca seperti Membaca buku tentang bagaimana pemikiran para filsuf. Tetapi ingatlah semua itu yang paling berpengaruh ialah keaadan spiritualitas kita, karena dalam meningkatkan kualitas diri manusia jika tanpa spiritual yang seimbang kita akan sesat.

    ReplyDelete
  13. hyldha wafda mufida
    14301241026
    s1 pendidikan matematika a 2014

    notion adalah ungkapan yang berkaitan langsung dengan pemikiran. notion yang dimiliki oleh setiap mausia tentunya pada tingkatan dan kemampuan yang berbeda-beda. untuk itu, dalam meningkatkan notion setiap ndividu, tidak lepas dari kualitas spiritual, normatif, formal dan material.
    seperti pesan yang selalu prof. Marsigit sampaikan, kunci untuk meningkatkan hal itu adalah dengan baca baca dan baca. disamping itu, hal yang perlu digali lebih dalam dibandingkan yang lain adalah tentang kualitas spiritual, karena hal ini yang paling berpengaruh pada notion dan kehidupan kita.

    ReplyDelete
  14. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika
    Notion adalah semua ungkapan,pernyataan, kalimat yang terdapat dalam pikiran manusia yang dapat disampaikan baik secara lisan maupun tulisan yang mencakup berbagai dimensi yaitu Spiritual, Normatif, Formal, dan Material. Untuk meningkatkan notion yang kita miliki, kita dapat membiasakan diri kita dengan membaca berbagai sumber ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  15. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Notion merupakan ungkapan yang berhubungan langsung dengan pikiran kita dan setiap ungkapan yang keluar mempunyai dimensi. Untuk dapat meningkatkan notion dalam percakapan mengenai filsafat ilmu kita harus merujuk pada pendapat-pendapat para filsuf. Sama halnya dalam kehidupan sehari-hari, jika dalam sebuah percakapan atau dalam forum diskusi di dalam kelaspun demikian. Agar percakapan yang kita lakukan hidup maka kita harus mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang memadai agar dapat saling bertukar pemikiran dengan orang lain.

    ReplyDelete
  16. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Notion adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita, sehingga kualitas notion tergantung dari ilmu yang telah kita dikuasai. Setiap orang mempunyai notion yang berbeda-beda dan banyaknya notion itu sebanyak orang yang memikirkannya. Untuk meningkatkan notion, maka kita perlu memperbanyak membaca. Namun terkadang apa yang kita pikirkan, sulit untuk diungkapkan, disinilah terdapat proses notion.

    ReplyDelete
  17. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Perkuliahan dengan pak Marsigit merupakan hal yang baru bagi saya. Sehingga ketika pertama disuruh comment di blog pak Marsigit saya bingung harus menulis apa biar sesuai. Sampai sekarang juga masih bingung harus menulis yang sesuai dengan kriteria notion yang pas menurut pak Marsigit. Akhirnya saya putuskan untuk menulis filosofi saya sendiri. Karena pak Marsigit juga pernah menyatakan bahwa pada akhirnya filsafat adalah dirimu sendiri. Sehingga dengan comment di blog pak Marsigit ini, saya dapat mempertajam filosofi saya sendiri. Namun saya tidak dapat memastikan bahwa filosofi saya adalah murni filosofi saya sendiri. Bisa saja, pikiran saya terpengaruh pikiran pak Marigit, pikiran Ibnul Qayyim, pikiran Sufyan Ats Tsauri, pikiran Aristoteles, atau malah pikiran Plato.

    ReplyDelete
  18. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Dan jika dituangkan dalam bentuk verbal disebut ucapan. Ucapan mempunyai tingkatan dimensi, mulai dari bawah material, formal, normatif, spiritual. Ucapan material yaitu ucapan berdasarkan pandangan tanpa didasarkan pada referensi, hanya hasil dari pemikiran kita saja. Ucapan formal yaitu ucapan yang terjadi di dalam masyarakat, diperlukan sopan dan santun dalam berucap. Ucapan yang didasarkan pada referensi yaitu ucapan normatif. Untuk membawa ucapan material ke normatif, kita bisa merujuk ke pemikiran-pemikiran para filsuf. Hal ini akan menghindarkan kita dari plagiarisme. Dan tingkatan paling tinggi adalah spiritual, inilah ucapan kita kepada Tuhan, dengan cara berdoa yang baik kita berdoa kepada-Nya.

    ReplyDelete
  19. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Notion bersifat spontan. Spontanitas pikiran kita ini dipengaruhi oleh referensi yang tersimpan di benak kita. Dengan membaca (merefer) pemikiran para filsuf kita berusaha membuat pikiran kita isomormorfis dengan pendapat filsuf tersebut dari berbagai dimensi baik spiritual, normatif, formal, material dan dimensi-dimensi lain mungkin ada.

    ReplyDelete
  20. Elli Susilawati
    16709251073
    PPs Pendidikan Matematika D 2016
    Untuk meningkatkan notion kita salah satu caranya adalah banyak membaca. Banyak membaca tuisan orang lain, pengalaman orang lain akan memberi pemikiran yang berkembang bagi kita. dalam filsafat, ada baiknya kita banyak membaca pikiran para filsuf untuk mengembangkan notion kita.

    ReplyDelete