Nov 2, 2014

Bagimana Meningkatkan Dimensi Notion Kita?

Oleh Marsigit



Kita dapat mengukur atau memosisikan seberapa kualitas Notion kita.



Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk Verbalnya, maka kita memeroleh apa yang disebut Utterances atau Ucapan.

Segala ungkapan, pernyataan atau kalimat kita dalam dialog baik secara lisan maupun tertulis, memunyai Dimensi.

Dimensi yang sering saya pikirkan adalah : Spiritual, Normatif, Formal, dan Material.

Tetapi itu sangat bersifat sederhana. Kita bisa menambah misalnya : Spiritual, Legal, Normatif, Formal, dan Material.

 Tetapi kita juga bisa menambah misalnya: Spiritual, Politik, Legal, Normatif, Formal dan Material.


Jika kita berfilsafat dengan tidak merujuk Pikiran para Filssuf, maka kualitas Notion kita belum mempunyai kriteria Normatif. Tetapi hanya baru bersifat hypothetical.


Hyphotetical merupakan tahap pertama metode berpikir dan biasanya dilakukan secara Common Sense (orang awam).

Untuk meningkatka kualitas Comment dan Notion anda dalam dialog/diskusi Filsafat anda dapat mencoba merefer Pikiran para Filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya.

Selamat meningkatkan kualitas Notion-notion.

Diagram berikut dapat dikembangkan secara kreatif sehingga dapat menuntun kita meningkatkan dimensi Notion kita.


Para Mahasiswa boleh membuat alternatif Dimensi sehingga kita semua dapat memeroleh khasanah pengetahuan yang lebih luas.

Peningkatan Dimensi Notion harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme. Karena Plagiarisme akan membakar habis semua krya-karya kita.

Notion yang terlalu singkat terancam untuk cenderung menjadi Reduksionisme; sedangkan Notion yang terlalu panjang tetapi kurang bermakna akan teramcam menjadi Rubish/Sampah.  Notion menuju Singkat berarti menuju Monisme; Notion menuju panjang berarti menuju Pluralime. Melalui Pluralisme/Dunia kita berusaha memaknai Spiritualisme/Monisme.

Diskusi bisa kita lanjutkan di dalam kelas Perkuliahan.


Add caption

47 comments:

  1. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Notion kita dapat meningkat seiring dengan banyaknya buku bacaan karya filsuf. Notion yang merupakan gagasan yang terlintas dari pemikiran kita. ketika kita banyak membaca maka akan memperlebar wawasan kita, sehingga kita bisa menghasilkan sebuah pemikiran mendasar berdasarkan sumber bacaan kita mengenai buku-buku karya filsuf.

    ReplyDelete
  2. Muhammad Mufti Hanafi
    13301244005
    Pendidikan Matematika 2013

    Nation dari setiap mahasiswa di wujudkan melalui tulisan. Dalam subjek dan obyek comment blog Bp. Marsigit, maka nation masing-masing mahasiswa diwujudkan melalui komen-komen artikel. Hal ini menjadi pelajaran berharga dalam proses pembelajaran, sehingga nation siswa dapat terus di latih dan di koreksi. Nation siswa juga dapat diasah melalui nation pendapat-pendapat guru. Sekaligus menjadi motivasi guru dalam mengembangkan kualitas nationnya sehingga dapat menelurkan karya yang berkualitas.

    ReplyDelete
  3. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Pengertian notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk verbalnya, maka kita memperoleh apa yang disebut Ucapan. Jadi segala yang kita ucapkan sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu, baik dampak dan manfaatnya, karena mungkin akan ada seseorang yang terluka/sakit hati dengan ucapan kita walaupun kita tidak menyadarinya. Sehingga dalam mengucapkan sesuatu juga memperhatikan sopan santun.

    ReplyDelete
  4. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas informasi yang Bapak berikan, saya menjadi tahu bagaimana cara meningkatkan dimensi notion saya sendiri.

    ReplyDelete
  5. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Notion atau segala sesuatu yang berkaitan langsung dengan pikiran kita merupakan salah satu cerminan dari kita dalam bentuk ucapan. Karena apa yang kita ucapkan adalah sesuai dengan apa yang ada dalam diri kita. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika ucapan itu didahului dengan pemikiran agar terkontrol. Berpikir mengenai spiritual, normatif, formal, dan material dan di sesuaikan dengan ruang dan waktu kita dalam berucap.

    ReplyDelete
  6. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Misalnya dalam kehidupan bermasyarakat di satu tempat dan ditempat lain, pastilah berbeda normanya, kesopanan, materi yang diucapkan dalam waktu atau kesempatan yang berbeda. Bagaimana menempatkan diri dalam berucapan sangatlah penting untuk meningkatkan dimensi notion kita.

    ReplyDelete
  7. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Melalui postingan ini semoga dapat membantu kita dalam meningkatkan dimensi notion kita yang sering kali tergerus dengan pesatnya arus globalisasi. Terimakasih Prof. Marsigit atas ilmu yang dibagikan kepada kami semoga menjadi amal kebaikan beliau.

    ReplyDelete
  8. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Terimakasih banyak Pak, dari tulisan Bapak yang kami pelajari adalah dalam berfilsafat seyogyanya kita harus berhipotesis dulu, lalu kita mencari referensi baik yang mendukung maupun yang tidak mendukung (anti tesis) yang merupakan hasil pemikiran filsuf sebelumnya, tentunya dari sumber yang valid dan dengan melakukan citasi yang tepat agar terhindar dari plagiatisme. Setelah itu dilakukan sintesis dari segala apa yang telah didapat.

    Terimakasih banyak Pak.

    ReplyDelete
  9. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    Terimakasih Prof, berdasarkan postingan ini saya merasa sampai saat ini saya masih pada tahapan hypothetical, karena sampai saat ini pemikiran saya masih sebagaimana orang awam berpikir atau Common Sense, untuk itu saya perlu belajar lebih lagi atau merujuk pemikiran para filsuf agar bisa meningkatkan kriteria saya.

    ReplyDelete
  10. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Meningkatkan kualitas notion dapat dilakukan dengan menggunakan pemikiran para filsuf seperti Imanuel Kant, Descartes, Al Farabi, dan para filsuf lainnya. Saya menyadari pendapat yang muncul dari pemikiran saya hanyalah sebatas hipotesis. Hipotesis itu membutuhkan dukungan pemikiran-pemikiran filsuf terdahulu agar mengarah pada pemikiran yang normatif. Namun bisa saja notion kita terjebak pada reduksionisme, atau malah menjadi sampah karena terlalu panjang dan tidak bermakna. Seni mengkolaborasikan antara pendapat pribadi dengan pendapat para ahli harus selalu digali untuk meningkatkan dimensi notion kita.

    ReplyDelete
  11. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A

    Terima kasih Pak, dari tulisan ini saya menyadari bahwa dimensi notion saya baru bersifat hypothetical seperti orang awam pada umumnya. Untuk meningkatkan kualitas notion-notion tersebut dapat dilakukan dengan cara merefer pendapat-pendapat para filsuf, dan menghindari adanya plagiasi sesuai dengan pemaparan Bapak. Oleh karena itu saya berusaha lebih baik agar dapat meningkatkan kualitas saya.

    ReplyDelete
  12. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas sharingnya Pak. Dari artikel di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa selama kita belum menemukan referensi yang kuat dari para ahli, selayaknya kita tidak sembarang berbicara (uttarance). Karena pendapat kita itu masih sebatas berdimensi hipotetikal. Sudah selayaknya kita banyak membaca dan mengkaji pendapat para ahli sehingga dimensi notion kita naik tingkat menjadi formatif.

    ReplyDelete
  13. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Wr.WB
    Terimakasih pak postingannya. Postingan ini menggambarkan bahwa ketika kita berfilsafat namun pemikirannya belum seperti filsuf, berarti notion kita masih seperti orang awam. Dalam artian masih berpendapat seadanya. Untuk meningkatkan notion kita maka kita harus merefer pemikiran filsuf, atau merefer pendapat-pendapatnya. Dengan sering kita menelaah pemikiran dan pendapat filsuf maka pikiran kita akan terbuka dan notion kita semakin luas dan berkualitas.

    ReplyDelete
  14. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof
    Notion merupakan segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran. Dapat dikatakan bahwa notion adalah hasil dari buah pikir manusia. Untuk meningkatkan notion setidaknya kita harus meningkatkan dimensi pikiran kita. Untuk meningkatkan hal tersebut, kita harus banyak-banyak membaca pikiran para filsuf, yaitu dengan membaca hasil-hasil karyanya. Namun, kita juga harus ingat, dalam meningkatkan notion, kita harus memahami tata cara merefer pikiran orang lain, jangan sampai kita melakukan plagiat. Selain itu notion juga tidak boleh terlalu singkat dan juga terlalu panjang.

    ReplyDelete
  15. Junianto
    PM C
    17709251065

    Notion adalah segala sesuatu yang berkaitan langsung dengan pikiran, dan ketika kita menekankan pada verbal maka disebut Ucapan. Setiap orang pasti ingin berubah ke arah ang lebih baik. Begitu juga dengan notion tiap individu. Pasti mereka ingin meningkatkan notion, sehingga kemampuan pun menjadi bertamabah. Beberapa jenis dimensi dapat dijadikan bahan pemikiran, misalnya Spiritual, Politik, Legal, Normatif, Formal dan Material.

    ReplyDelete
  16. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Melalui artikel ini saya memahami bahwa untuk memberikan tanggapan terhadap suatu ilmu yang baru saja kita baca, kita perlu mencari referensi yang lebih luas terlebih dahulu, atau mempelajari dasar-dasarnya. Notion-notion yang kita miliki seyogyanya harus berpijak pada satu paham yang kita yakini, sehingga tidak menghasilkan pernyataan yang ambigu. Sejauh ini, dalam memberikan komentar saya hanya mengandalkan analisis singkat yang saya lakukan pada saat membaca artikel, sehingga notion saya masih bersifat common sense.

    ReplyDelete
  17. Arung Mega Ratna
    17709251049
    S2 Pend. Matematika C

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Notion adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Sehingga kualitas notion tergantung dengan ilmu yang telah dikuasai. Setiap orang mempunyai notion yang berbeda-beda dan banyaknya notion itu sebanyak orang yang memikirkannya. Untuk meningkatkan notion, maka banyaklah membaca dan membaca. Namun terkadang apa yang kita pikirkan, sulit untuk diungkapkan, disinilah terdapat proses notion.
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  18. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Berdasarkan tulisan Pak Prof. kali ini, saya mempelajari bahwa setiap kalimat dan ucapan yang diungkapkan oleh seseorang mempunyai kualitas masing-masing, tergantung bagaimana cara ia menyampaikan dan merujuk kalimat yang ia ucapkan tersebut. Terdapat dua kriteria kualitas ucapan seseorang yaitu kriteria normatif dan hypothetical.
    Saya menyadari kemampuan saya saat ini masih berada pada kriteria hypothetical. Untuk itu, secara tidak langsung ini menjadi cambukan tersendiri agar lebih banyak membaca sehingga mampu merefer pendapat-pendapat ahli untuk meningkatkan kualitas notion.

    ReplyDelete
  19. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Notion juga merupakan apa yang kita tulis dalam memberikan komentar pada beberapa artikel yang bapak tulis. Proses notion memang sangatlah sulit bagi mereka yang sedikit pengetahuan karena minimnya bacaan yang dikaji. Sehingga beberapa notion yang dituliskan tidak berlandaskan dan tidak memiliki makna. Karena pada dasarnya kita sedang memberikan pengetahuan kita yang merupakan pengetahuan subyektif. Sehingga agar kita dapat meningkatkan notion kita, seyogyanya kita selalu rajin membaca dan mencoba memberikan pendapat dengan dasar sehingga subyektivitas semakin berkurang dalam memberikan pendapat.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  20. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Notion Juga merupakan ungkapan dari hipotesis awal yang disajikan dalam bentuk tulisan. Untuk meningkatkan notion salah satunya adalah dengan banyak membaca baik artikel, paper, maupun buku yang merujuk pada ilmu filsafat, karena dalam berfilsafat secara tidak langsung kita melatih kemapuan verbal kita baik dalam bentuk ucapan maupun tulisan sehingga apa yang kita keluarkan dari pikiran kita bisa tersaji dalam bahasa yang sederhana tetapi terstruktur. Sehingga para responden akan lebih mudah dalam memahami dan memaknai setiap kata yang telah dirangkai di dalam pikiran kita.

    ReplyDelete
  21. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Waahh terimakasih sekali atas postingan ini (dan postingan-postingan yang lain). Benar-benar kali pertama. Apa itu notion? bagaimana mencapai notion yang berkualitas.

    Ternyata semua yang kita ucapkan tidak cukup pada tahap hipotetical saja, tidak boleh cukup melalui comon sense saja. Akan lebih normatif jika merujuk pendapat para filsuf. Dan ini juga membuat saya bingung, pak. Jadi "sebenar-benar filsafat adalah dirimu sendiri" tidak cukup nggih, Pak?

    ReplyDelete
  22. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Mengenai pembahasan notion ,sedikit dijelaskan tentang hypothetical.Dimana kita tahu bahwa hypothetical adalah jawaban spontan yang tidak merujuk pada sumber atau konsep sehingga jawabannya kurang memuaskan.Berkenaan dengan ini, di dalam pelajaran psikologi yang kami pelajari mengenai sifat impulsif pada anak-anak didik atau siswa.Dimana siswa, tersebut cenderung tergesa-gesa dan melakukan sesuatu tanpa pertimbangan yang matang, sehingga apa yang siswa lakukan tersebut jauh dari yang diharapkan.Terkait dengan paparan masalah tersebut,apakah ada hubungan antara sifat hypothetical dengan sifat impulsif menurut filsfat?,anaknda mohon penjelasannya.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  23. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Notion adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pikiran yang dalam bentuk verbal atau ucapan. Meningkatkan notion dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas spiritual, normatif, formal, dan material. Posisi spiritual sebagai hal yang sangat fundamental dalam meningkatkan kualitas diri manusia, karena tanpa spiritual yang bagus, perilaku seseorang akan tidak karuan. Cara-cara lain untuk meningkatkan notion adalah dengan terus menerus berfikir dan mencari ilmu-ilmu yang baru.

    ReplyDelete
  24. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Artikel yang sangat menarik, semoga
    dapat meningkatkan nation kita sehingga khazanah keilmuan kita semakin luas. Masalah yang sering dihadapi dalam meningkatkan dimensi nation adalah sering kali kita kebingungan dalam menyusun kata-kata agar terarah, bermakna dan menarik untuk dibaca atau didengar. Barangkali hal ini disebabkan kurangnya referensi atau bacaan yang dimiliki, selain itu referensi yang sudah dibaca juga sering kali menggunakan kata analog sehingga terkadang menimbulkan penafsiran yang berbeda dari maksud penulis bahkan terkadang tidak dapat dimengerti sama sekali.

    ReplyDelete
  25. Nama : I Nyoman Indhi Wiradika
    NIM : 17701251023
    Kelas : PEP B

    Notion merupakan dimensi yang penting bagi perkembangan wawasan kita. Untuk membangun notion yang normatif maka sangat penting untuk memahami pemikiran-pemikiran para filsuf. Bukan berarti kita meniru gaya berpikir filsuf secara mentah, melainkan ada usaha untuk merefer cara berpikir dan pendapat-pendapatnya. Sangat bermanaat, Semoga ketekunan dalam berpikir saya semakin baik sehingga terhindar dari gaya berpikir hypothetical dan dapat membentuk notion formatif.

    ReplyDelete
  26. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari sini saya dapat belajar tentang apa itu nation, yakni segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita, baik itu berupa ucapan maupun tulisan, termasuk komen yang kita sampaikan dalam blog ini. Dalam hal belajar filsafat untuk membentuk dan meningkatkan nation yang normatif, maka apa yang harus kita lakukan adalah dengan memahami pikiran para filsuf. Bagaimana caranya? Yakni dengan "baca, baca, dan baca" sumber-sumber bacaan atau referensi yang terkait dengan pemikiran para filsuf, dan blog ini adalah salah satunya. Dengan demikian, harapannya kita mampu meningkatkan nation kita untuk dapat mencapai kriteria normatif, bukan hanya sekadar hypotetical.

    ReplyDelete
  27. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terima kasih Pak atas postingan Bapak. Saya belajar tentang istilah “notion”. Ternyata hidup itu bukanlah sekedar hidup, tapi kita perlu juga meningkatkan apa yang dianugerahkan kepada kita dari Tuhan. Salah satunya adalah meningkatkan dimensi notion. Sampai saat ini cara berpikir saya masih sangat sederhana. Masih banyak hal yang harus saya lakukan dan saya usahakan untuk meningkatkan dimensi notion diantaranya dengan memperbanyak membaca dan belajar dari pemikiran para filsuf.
    Berdasarkan bacaan bahwa “notion yang terlalu singkat cenderung reduksionis dan terlalu panjang serta kurang bermakna terancam menjadi sampah” sehingga perlu usaha keras untuk menjadikan notion tersebut bisa sesuai dan pas dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  28. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Nation berarti segala sesuatu yang kita ungkapkan yang berdasarkan dari pemikiran kita. Dan ia memiliki dimensi dan tingkatan ataupun kualitas. Tidak mudah untuk dapat meningkatkan nation kita, karena untuk meningkatkan nation kita harus mampu berfikir secara filsafat, yang dalam artiannya kita harus mampu mempelajari pemikiran-pemikiran para filsuf. Jadi, segala uangkapan yang kita keluar yang hanya berdasarkan pemikiran kita saja dan belum berdasarkan normatif maka itu hanyalah bersifat hypothetical.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  29. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Terimakasih pak..
    Bedasarkan postingan bapak, saya masih berhypothetical karena tergolong common sense (orang awam) yang berpikir tanpa didasari oleh ahli Filsuf. Dalam berhipotesis sangatlah diperlukan pendapat para adli Filsuf agar kualitas notion meningkat. Setiap tesis kita akan diperkuat dengan adanya anti-tesis (pendapat ahli)sehingga tidak akan dikatakan common sense ataupun plagiat.

    ReplyDelete
  30. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Saya sangat setuju untuk meningkatkan notion-notion kita adalah dengan rajin merujuk pada pemikiran-pemikiran para filsuf. Jika kita pasif, maka kita tidak akan memperoleh apa-apa. Istilah yang sering kita gunakan adalah menjemput bola. Kita tidak boleh pasif dalam meraih ilmu. Ilmu tidak akan datang kepada kita begitu saja, kita yang harus meraihnya dengan hati dan pikrian yang ikhlas

    ReplyDelete
  31. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Terimakasih pak atas postingan ini. Kesadaran untuk meningkatkan notion itu ada dalam diri sendiri. Untuk meningkatkan notion dari hypothetical ke notion selanjutnya menurut tulisan bapak ini yaitu dengan banyak merujuk pada pemikiran-pemikiran para filsuf. Untuk memperoleh dan mempelajari bagaimana pemikiran para filsuf, tidak hanya mendengarkan materi yang disampaikan di forum formal. Namun, kita dapat memperoleh dan merujuk pemikiran filsuf dari apa yang ditulis, baik di media sosial maupun di buku. Artinya, kita jangan berhenti untuk membaca dan membaca.

    ReplyDelete
  32. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Salah satu upaya untuk meningkatkan dimensi notion kita adalah dengan mempelajari pemikiran-pemikiran para filsuf. Mempelajari pemikiran filsuf tidak sekedar mendapatkan mempelajari mengenai aliran filsuf tersebut. Tapi juga latar belakang munculnya aliran tersebut dan hubungannya dengan aliran sebelumnya. Aliran-aliran filsafat yang muncul terkadang merupakan penyempurnaan atas aliran filsafat sebelumnya, atau bias jadi merupakan anti tesis dari filsafat sebelumnya. Sehingga kita perlu mempelajarinya secara utuh dan tidak sepotong-sepotong. Membaca pemikiran-pemikiran para filsuf melalui buku-bukunya akan membantu kita dalam meningkatkan dimensi notion kita, sebagaimana yang sering Prof Marsigit sampaikan di kelas bahwa filsafatmu adalah apa yang kamu baca.

    ReplyDelete
  33. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Seperti pengertian filsafat yaitu pengalaman, sama halnya dengan cara menignkatkan notion. Notion dapat meningkat seiiring bertambahnya pengelaman. Pengalaman yang dibekali dan berpedoman dengan satu tumpu yaitu agama. Pengalaman terbentuk atas pengetahuan yang dibuat secara sengaja maupun tidak sengaja. Membaca dan mencari sumber-sumebr ilmu pengetahuan merupakan usaha untuk meningkatkan dimensi notion kita. Mengetahui sejarah, pendapat, dan pola pikir para filsuf juga memberikan suatu pengetahuan dan dampak yang besar bagi kehidupan kita sendiri. Jangan berhenti untuk meningkatkan dimensi notion yang kita punya.

    ReplyDelete
  34. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Ulasan yang sangat bermanfaat. Terima kasih Prof. Ulasan di atas dapat menjadi bahan refleksi bagi diri saya. Saya menyadari bahwa saat saya memberikan notion sejatinya saya berpeluang untuk terancam menjadi reduksionisme/rubish/hypothetical/monisme/pluralisme. Hal inilah yang menjadi rambu-rambu saya dalam memberikan notion. Namun, satu hal yang selalu saya tanamkan dalam diri jangan takut salah saat masih dalam proses belajar. Perasaan takut salah akan membuat saya tidak berani dalam memberikan notion. Bagi saya, penting juga untuk belajar dari kesalahan. Semoga saya diarahkan oleh Allah pada sikap hati-hati saat memberikan notion.

    ReplyDelete
  35. indah purnama sari
    17701251035
    PEP B 2017

    Terimakasih prof atas ilmu yang disampaikan melalui postingan ini. dari postingan ini saya mendapatkan pelajaran bahwa nation kita secara individu dalam dikembangkan melalui stimulus stimulus dari luar seperti membaca bacaan para filsuf, dan melalui pengalaman pengalam yang telah kita alami sahari-hari. semoga nation saya berkembang seiring berjalannya waktu pada ruang yang tepat dan sejalan lurus dengan perintah Allah SWT

    ReplyDelete
  36. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih Bapak melalui postingan ini saya menyadari bahwa komen yang buat tulis baru bersifat hipotetical. Selain itu juga bahwa ternyata segala sesuai yang kita ucapkan merupakan gambaran dimana dimensi kita. Oleh karena itu salah satu cara untuk meningkatkan dimensi kita adalah dengan baca dan baca sehingga akan bertambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita.

    ReplyDelete
  37. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Meningkatkan notion dalam hidup memiliki banyak cara diantaranya adalah dengan membaca, menulis, maupun melihat beragam berita ditelevisi. Dengan melakukan berbagai kegiatan tersebut dengan seiring waktu kita dapat meningkatkan notion kita terutama dalam kita menuntut ilmu pengetahuan disekolah ataupun dibangku perkuliahan.

    ReplyDelete
  38. Junianto
    PM C
    17709251065

    Sebagai pembelajar saya sepakat bahwa notion kita belum memiliki kriteria normatif dan masih bersifat common sense. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan notion dengan kriteria normatif maka perlu kita merujuk pada pendapat para ahli/ filsuf. Kualitas notion kita akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kita dalam merefer pendapat para ahli sebagaimana ketika kita melakukan penelitian. Maka dari itu, kita harus banyak membaca buku-buku tentang ilmu pengetahuan para ahli/ filsuf dunia.

    ReplyDelete
  39. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Ternyata orang awam yang berpikir secara common sense termasuk tahap hypotetical, yaitu belum merujuk pada pemikiran filsuf. Semakin banyak kita membaca pemikiran-pemikiran filsuf maka otomatis pikiran-pikiran kita akan terisi oleh pendapat atau teori mereka sehingga kualitas notion kita akan meningkat. Dalam membaca elegi-elegi bapak saya rasa juga bisa meningkatkan notion kita dalam berfilsafat.

    ReplyDelete
  40. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Saya sangat setuju untuk meningkatkan notion-notion kita adalah dengan rajin merujuk pada pemikiran-pemikiran para filsuf. Jika kita pasif, maka kita tidak akan memperoleh apa-apa. Istilah yang sering kita gunakan adalah menjemput bola. Kita tidak boleh pasif dalam meraih ilmu. Ilmu tidak akan datang kepada kita begitu saja, kita yang harus meraihnya dengan hati dan pikrian yang ikhlas

    ReplyDelete
  41. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Salah satu cara meningkatkan notion kita yaitu dengan membaca dan belajar. Perkuliahan nolisasi menyadarkan kita bahwa ilmu yang kita miliki masih sangat sedikit. Kita tidak boleh menyombongkan diri, karena kesombongan adalah akhir segalanya. Di dalam perkuliahan Bapak selalu mengatakan bahwa komenlah blog saya untuk mengampunan nilai anda. Ini secara tidak langsung untuk mendorong kita untuk selalu mau belajar dengan mambaca. Membaca membuat kita bisa melihat dari berbagai sudut pandang/prespektif kehidupan.

    ReplyDelete
  42. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Diskusi merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk menyampaikan pendapat, bertukar pikiran, bahkan mendapatkan pengetahuan yang belum diketahui. Saat berdiskusi seseorang akan semakin dapat meningkatkan cara mengkomunikasikan pendapatnya kepada orang lain. Orang tersebut juga dapat menyampaikan pengalamannnya atau pengetahuan secara lebih nyaman kepada temannya dari pada kepada gurunya. Karena mungkin saja terdapat faktor seseorang tidak berani menyampaikan pendapatnya dikarenakan tidak berani menyampaikan kepada gurunya.

    ReplyDelete
  43. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Notion, suatu kata yang baru saya kenal dan baru pertama kali saya tahu dari artikel di atas. Setiap orang memiliki dimensi notion yang berbeda-beda tergantung dari pengalamannya dan apa yang pernah dibacanya.

    ReplyDelete
  44. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Semakin luas wawasan dan pengalaman yang dimiliki seseorang maka akan semakin luas pula dimensi notion yang dimilikinya. Satu hal yang paling penting yang saya baca di artikel di atas adalah hindari plagiarisme, karena sehebat apapun karya seseorang tetapi sekali saja terkena kasus plagiarisme maka akan hancur karya-karya hebat itu.

    ReplyDelete
  45. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Berdasarkan tulisan di atas bahwa kualitas notion kita sebagai manusia adalah dengan banyak mencari yakni mencari ilmu dengan membaca, dialog dan melahirkan bahasa verbal berupa tulisan. Segala aspek pemikiran harus bersinergi satu sama lain yakni spiritual, normatif, formal, material dll. Agar notion ini dapat seimbang sehingga menghasilkan kualitas yang tinggi. Terima Kasih

    ReplyDelete
  46. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    saya baru memahami istilah notion ini dari tulisan Bapak. Orang yang memiliki ilmu yang tinggi, kemudian mampu mentransfer ilmunya baik secara lisan ataupun tulisan memiliki notion yang berkualitas. saya sangat tertarik untuk belajar lebih lanjut untuk meningkatka kualitas notion saya.

    ReplyDelete