Nov 8, 2014

Peta 1 - Peta Pendidikan Dunia _ Dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 1).

Catatan: Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Tetapi bentuk dari Sistem Pendidikan Indonesia mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu : Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis, yang merupakan representasi Dunia Kontemporer atau Power Now; kenapa?, karena baru hanya sampai di situlah kemampuan kita dibanding dengan Dunia Kontemporer, sehingga tidak ada jalan lain bagi Indonesia kecuali menapaki jalan setapak mereka untuk menuju masa depan. Itulah pernah diwaktu yang lampu Pendidikan Dasar diarahkan menuju Back to Basic (tak usah macam-macam, anak SD yang penting cukup bisa Baca, Tulis, dan Hitung). Tiga Kolom kiri, mengimplementasikan Pendidikan sebagai Tradisional/Konvensional, sentralistik dan mendefinisikan Subjek Ilmu sebagai Body of Knowledge, Science of Truth dan Structure of Truth, dan ini sejalan/selaras dengan dunianya para Ilmuwan Dasar (Basic Science) yang bersifat Formal seperti Matematika Murni, Fisika Murni, Biologi Murni dan Kimia Murni, yang kemudian mereka diangkat menjadi Anak Emas nya Power Now untuk eksploitasi Dunia. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism). Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila.

37 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B
    Berbagai macam ideologi lahir di dunia dan masing-masing selalu berusaha untuk menjadi fondasi dunia agar segala kepentingannya dapat terpenuhi dan diakomodir oleh seluruh Negara di dunia. Pendidikan Indonesia saat ini sedang mengalami pengikisan identitas dan terbawa arus sekte dunia. Saya tertarik dengan konsep Public Educator di atas, karena saya menganggap bahwa ruh dari pendidikan Indonesia dapat terwakili. Pada dasarnya pendidikan Indonesia didirikan atas dasar kepentingan public yang dibantu dengan keterlibatan public di mana di dalamnya terdapat unsur-unsur demokrasi, aktivitas sosial (gotong royong) dan keadilan terhadap tiap-tiap individu.

    ReplyDelete
  2. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Sudah semestinya kita mengupayakan sesuatu yang ideal, termasuk di dalamnya ialah pendidikan. Postingan di atas membuka mata saya jika pendidikan di Indonesia masih jauh dari posisi ideal. Statement menarik dan menusuk, ketika saya membaca jika Indonesia ialah negara yang sedang mencari bentuk. Pada peradaban saat ini, di tengah kencangnya gonjang ganjing globalisasi berikut segala godaan di dalamnya, kita masih diselibukkan dengan mencari bentuk. Adalah hal wajar jika dalam pencarian bentuk ini bisa saja kita terkontaminasi unsur unsur yang tidak sesuai dengan kearifan lokal, salah satunya dengan munculnya internasionalisasi.
    Lewat postingan di atas, saya memperoleh informasi jika pendidikan di Indonesia saat ini cenderung pada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis, sedangkan idealnya pendidikan di Indonesia ialah pendidikan yang demokratis.
    Fakta yang menarik, salah satunya ialah industrial trainer. Apakah pendidikan di Indonesia memiliki orientasi yang sama dengan sistem industri?
    Technological pragmatis, apakah pendidikan di Indonesia berisikan orang orang yang "kesurupan" teknologi?

    ReplyDelete
  3. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Cita-cita bangsa Indonesia untuk mewujudkan pendidikan yang berlandaskan demokrasi pancasila kian kabur mengingat praktek-praktek yang terjadi malah membatasi kreativitas siswa. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan meng-instantkan banyak proses sehingga nilai-nilai yang seharusnya ada malah tidak terbangun. Tidak selamanya yang instan itu pilihan yang baik karena selain melemahkan kreativitas juga berpotensi meracuni pikiran siswa sehingga siswa tumbuh dengan sosial dan nasionalisme yang rendah. Namun kita tidak dapat menghindari dunia kontemporer. Yang dapat kita lakukan hanyalah membantengi diri dengan kecerdasan dan kekritisan serta memperdalam spiritual sebagai modal dalam mem-filter dan menghadapi tipu daya dunia kontemporer.

    ReplyDelete
  4. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017

    Adanya pembagian seperti industrial technologist dan lain lain itu menurut saya cukup baik karena untuk saat ini pembagian tersebut masihlah berlaku dan tidak tergantikan, mungkin hingga 200 tahun lamanya, hingga mungkin suatu hari nanti akan ada perubahan secara masif dant terstruktur.

    ReplyDelete
  5. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Menurut Paul Ernest, era pendidikan dunia dibagi menjadi 5 era, era industrial trainer, technological pragmative, old humanism, progressive educator, dan public educator. Kelima era ini di sini dapat ditinjau dari segi politik, matematika, dan nilai moral yang ada. Dilihat dari segi perkembangan matematika, matematika di berkembangan dari matematika sebagai body of knowledge, science of truth, structure of truth, process of thinking, dan social activities. Pada era konteporer dunia pendidikan di indonesia dapat mencapai pada 3 era yaitu Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism). Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila. Proses dimana 5 era merupakan proses dalam dunia pendidikan berlangsung, dengan jalanyang ditempuh merupakan jalan panjang karena pendidikan itu adalah proses, dan tidak bisa diharilkan dengan jangka pendek harus berkesinambungan untuk menuju indonesia emas. dalam mengubah pendidikan yang ada di Indonesia harus melalui proses yang panjang,karena pendidikan itu merupakan hal yang kompleks, dari pembangunan, administrasi, pelaku dan pembelajar pendidikan.

    ReplyDelete
  6. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Dari tabel mengenai peta pendidikan yang disusun oleh Prof. Marsigit terdapat lima macam peta pendidikan menurut Paul Ernest, yaitu: Industrial Trainer, Technological Pragmatist, Old Humanist, Progressive Educator, dan Public Educator. Industrial trainer terdiri dari dua kata yaitu industrial dan trainer. Industrial merupakan usaha dimana untuk menghasilkan sesuatu yang dapat dimanfaatkan. Adapun kata trainer atau pelatih, yang berarti sebagai penyampai pengetahuan. Jika kedua kata tersebut tersebut digabung maka industrial trainer dapat diartikan sebagai pengajar yang ingin meningkatkan pengetahuan siswa dalam bidang tertentu agar dapat dimanfaatkan untuk kedepannya.

    ReplyDelete
  7. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Idealnya, pendidikan di Indonesia adalah pendidikan yang demokrasi. Namun, dari paparan bapak dalam postingan ini mnunjukkan bahwa negara kita masih berada pada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Keadaan pendidikan memprihatinkan, ditambah lagi dengan krisis moral yang sedang dialami oleh generasi-generasi bangsa. Perlu proses perubahan untuk pendidikan di Indonesia, mulai dari paradigma pendidikan, perubahan mental, kebijakan, birokrasi dan sebagainya.

    ReplyDelete
  8. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B
    Pendidikan Indonesia saat ini masih bergelut, untuk mencari bentuk yang tepat. Hal itu dapat dilihat dari seringnya pendidikan di Indonesia masih berganti-ganti kurikulum. Proses pencarian ini berarti Indonesia punya harapan untuk lebih baik dan harus didukung dari berbagai elemen masyarakat, orang tua, siswa, dan guru. Hal itu karena jika hanya kurikulumnya saja yang berubah maka tidak akan memberikan perubahan besar bagi pendidikan. Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dari peta di atas telah dijelaskan bahwa tiga kolom paing kiri merupakan implementasi dari pendidikan orang dewasa atau ilmu murni sedangkan dua kolom di kanannya merupakan pendidikan anak atau siswa. Tiga kolom di kiri merupakan apa yang dijalani oleh orang dewasa terutama para ahli ilmu seperti di universitas. Sedangkan dua kolom di kanannya merupakan apa yang dijalani oleh siswa di sekolah dari jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah. Idealnya orang dewasa menjalani pendidikan dewasa yang berorientasi pada ilmu murni, sedangkan anak-anak menjalani pendidikan anak-anak yang berorientasi pada kegiatan.

    Dewasa ini tak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia, menerapkan pendidikan dewasa kepada anak-anak atau siswa sekolah. Di sekolah langsung diajarkan ilmu abstrak tanpa adanya jkegiatan yang membuat siswa membangun sedniri pengetahuannya. Akibatnya siswa mungkin hanya pandai dalam teori saja namun tida dalam kehidupan sosialnya dalam menerapkan ilmu tersebut. bahkan sebaian besar justru tidak belajar dengan baik dan cenderung menghafal materi pelajaran tanpa mengetahui esensinya. Sehingga kurang bermana dan mudah dilupakan. Semoga kita sebagai calon pendidik tida melakukan kesalahan yang demikian.

    ReplyDelete
  10. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Pendidikan di dunia memiliki berbagai macam jenis dan sistemnya. Dengan adanya peta pendidikan dunia ini, mempermudah Indonesia untuk menentukan mau kearah mana pendidikan mau dibawa. Karena Indonesia merupakan negara berkembang dan masih mencari bentuk sistem pendidikan, maka masih diperlukan banyak analisis guna untuk mengetahui sistem manayang cocok untuk Indonesia.

    ReplyDelete
  11. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Pendidikan Indonesia saat ini belum mampu mencerminkan pendidikan yang sesuai dengan ideology yang dianutnya yaitu demokrasi. Pendidikan seperti itu hanya tertuang dalam dokumen-dokumen formal akan tetapi dalam praktek nyata dilapangan pendidikan demokrasi masih jauh di depan. Pendidikan Indonesia secara sadar atau tidak sadar sudah terjebak dalam perangkap sang power now, sehingga pembelajaran yang seharusnya berorientasi pada siswa namun kenyataanya pembelajarannya masih beriorientasi pada ilmunya orang dewasa atau ilmu murni. Sekian dan Terima kasih
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  12. Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013


    terimakasih pak untuk ilmunya
    lagi-lagi saya semakin tertarik untuk belajar bagaimana pendidikan khususnya di Indonesia
    karena sepengetahuan saya, dikarenakan Indonesia negara kepulauan
    banyak pula perbedaan sistem pengajaran di Indonesia
    apalalagi untuk di daerah pedalaman, yang masih sulit aksesnya untuk sampai kesana
    saya, belum bisa memberikan tanggapan berdasarkan artikel diatas, karena masih kurangnya ilmu saya pak
    maaf sebelumnya dan terimakasih untuk ilmu baru yang menjadi referensi untuk saya

    ReplyDelete
  13. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dunia pendidikan Indonesia saat ini bisa dibilang masih dalam upaya untuk mencapai cita-citanya, yakni pendidikan yang berlandaskan Pancasila. Jika dikaitkan dengan peta pendidikan dunia 1 ini, bisa dikatakan hendak menuju politik pendidikan demokrasi. Dimana setiap insan pendidikan diberi kebebasan untuk berkarya dan berinovasi dengan kreativitas masing-masing, namun tetap berlandaskan dengan Pancasila.

    ReplyDelete
  14. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Menarik sekali melihat tabel dan penjelasan di atas sambil berandai-andai dan mengevaluasi sendiri. Apa sebenarnya yang terjadi di Indonesia?
    Hmmm, ya saya setuju bahwa pendidikan kita ada di 3 kolom kiri. Lebih banyak berisi struktur-struktur dan pengetahuan alam. Belum banyak berisi aktivitas siswa.. sebenarnya bukan mana yang lebih baik dan buruk,hanya saja harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Karena siswalah yang memiliki kepentingan untuk pendidikan. Bukan orang-orang yang menjabat di sana dan menentukan output tiap anak harus sama..

    ReplyDelete
  15. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Sistem Indonesia sekarang ini menurut Peta Pendidikan Dunia dari Prof. Marsigit mengarah kepada Industrial Trainer, Technological Pragmatism, dan Old Humanism. Akan tetapi, dengan adanya perubahan-perubahan kurikulum ini diharapkan suatu saat Indonesia akan mengarah ke Public Educator, karena hal ini sesuai dengan Indonesia yang menjunjung demokratis.

    ReplyDelete
  16. Dari tabel diatas menunjukan hubungan antara pelatihan industri, teknologi pragmatis, Old humanist, progresif pendidik, pendidikan umum dengan ppolitik, matematika dan nilai moral. menurut pendapat salya, hubungan terbaik akan ada jika masyarakat diberikan pendidikan terkait dengan nilai-nilai moral. Ini akan memiliki dampak pada keadilan dan sebuah kebebasan.

    ReplyDelete
  17. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Pendidikan adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam membangun negara menuju negara yang maju. Salah satu pendidikan yang ideal dengan menganggap matematika sebagai social activities. Maka dari itu pembelajaran di kelas harus menekankan pasda pemeblajaran berbasis aktivitas, termasuk dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  18. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Pendidikan di Indonesia masih membutuhkan kekonsistenan dalam menerapkan kebijakan, ada kecenderungan bahwa setiap pergantian pemerintahan maka berganti pula kurikulumnya. Kurikulum baru sedang akan dijalankan namun karena pergantian pemerintahan maka kemudian kurikulum warisan orde sebelumnya itu dihentikan. Jadi pendidikan di Indonesia banyak waktu yang terbuang hanya untuk beradaptasi dengan apa maunya pemerintah, yang satu belum berjalan dengan baik, sudah diganti lagi karena pergantian sistem pemerintahan.

    ReplyDelete
  19. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Keegoisan seseorang harus dibuang jauh-jauh dalam dunia pendidikan. seseorang yang berkecimpung di dunia pendidikanharus siap untuk mengutamakan peserta didik ereka ditimbang dengan diri mereka sendiri. Memang benar adanya jika mau menajdi orang yang kaya, maka janganlah menjadi pendidik seperti guru, karena guru itu lebih pada mengajar karena ikhlas bukan untuk memperoleh sesuatu yang mereka inginkan.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  20. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari penjelasan tabel macam-macam pendidikan yang ada didunia, Pendidikan di Indonesia masih pada tahap Indutrial Trainer, Technologion, dan old humanis. yang memang pada kenyataanya politiknya masih radika, matematika yang dipelajari yaitu suatu pengetahuan. Nilai moralnya disini baik dan buruk yang menurut saya disini yang masih baik dan relevam moral valuenya erdasar pada apa yang dilandaskan memang itu benar dan salah, bukan pada benar dan salahnya manusia, tapi kebenaran yang mutlak dari Tuhan. Sehingga yang diharapkan yaitu pendidikan matematika yang berdasarkan pada aktivitas sosial kehidupan sehari-hari ini yang perlu sangat diterapkan.

    ReplyDelete
  21. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    sistem pendidikan di Indonesia saat ini masih termasuk memprihatinkan, bisa dilihat bahwa pendidikan di Indonesia masih dapat dikatakan kurang kejam. sangat mudah bagi siswa untuk lulus tanpa dia benar-benar tau materi yang disampaikan, entah harus dengan cara apa pendidikan di Indonesia harus diukur. seharusnya siswa dikatakan lulus atau naik kelas jika siswa tersebut benar-benar paham dan lulus standar evaluasi. bagaimana jika sistem pendidikan di Indonesia bukan disesuaikan dengan usia, namun disesuaikan dengan kemampuan yang ia miliki.

    ReplyDelete
  22. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Dalam pendidikan dapat dipetakan menjadi beberapa golongan yaitu industrial trainer, pragmatism, old humanism, progressive educator, dan public educator. Pada bagian atau golongan public educator matematika adalah aktivitas sosial. Ini berarti bahwa matematika untuk siswa harus menjadi sebuah aktivitas. Matematika harus berupa kegiatan. Untuk mewujudkannya, guru dituntut agar dapat menciptakan suatu pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa.

    ReplyDelete
  23. dalam kolom public educator juga disebutkan politik demokrasi dan moral value justice, freedom. Guru harus memperhatikan politik demokrasi yang berlandaskan pancasila. Guru tidak boleh membatasi siswa, guru tidak boleh bersifat otoriter. Guru yang otoriter hanya akan membatasi kebebasan siswa dalam berkreativitas. Sehingga, guru harus belajar untuk tidak bersikap otoriter pada siswa dan dapat menjadi fasilitator yang baik.

    ReplyDelete
  24. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Berdasarkan peta 1 pendidikan dunia tersebut kita dapat mengetahui bahwa pada masyarakat industrial trainer, matematika dianggap sebagai body of knowledge. Pada masyarakat technological pragmatis, matematika dianggap sebagai science of truth. Pada masyarakat old humanis, matematika dianggap sebagai structure of truth. Pada masyarakat progressive educator, matematika dianggap sebagai proses berpikir. Sedangkan pada masyarakat public educator, matematika dianggap sebagai aktivitas sosial. Jika dilihat jenis politik yang digunakan yaitu demokrasi maka Indonesia seharusnya menuju ke masyarakat Public educator yang menganggap matematika sebagai aktivitas.

    ReplyDelete
  25. Bulan NUri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Sistem pendidikan di Indonesia memang masih jauh jik amau dibandingkan dengan negara lain. Banyak faktor yang melatar belakangi hal ini. Namun lebih dari itu semua, Point penting yang harus menjadi perhatian yaitu membawa arah pendidikan di Indonesia kearah pendidikan karalter yang terlaksana dan bukan hanya sebagai isi dari kurikulum saja.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  26. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. dari tabel diatas dapat dilihat bahwa paul ernest membagi matematika menjad bentuk body of knowledge, science of truth, structure of truth, process of thinking dan social activities. Di Indonesia matematika baru dilihat sebagai body of knowledge, science of truth, structure of truth. Matematika belum dilihat sebagai aktivitas sosial, sehingga matematika yang diajarkan di sekolah masih dipisahkan dari kegiatan sehari-hari. Padahal jika guru ingin melakukan inovasi pendidikan harus melibatkan kegiatan sehari-hari di lingkungan siswa

    ReplyDelete
  27. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B

    Sistem pendidikan di negara kita saat ini sedang diusahakan untuk menuju perubahan yang lebih baik. Pemerintah juga sedang berjuang untuk mewujudkan perubahan itu, dan dibantu oleh para guru, dan pakar pendidikan. hanya saja yang peru di kuatirkan adalah pihak-pihak atau individu-individu yang berusaha meraup keuntungan atau mengeksploitasi dari proyek-proyek dengan melakukan kamuflase, seolah-olah terlihat seperti proyek untuk melakukan perubahan, namun dibaliknya ada maksud tersembunyi yang hanya akan merugikan negara. hal seperti ini yang harus diwaspadai.

    ReplyDelete
  28. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Sistem Pendidikan Indonesia mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu: Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis, yang merupakan representasi Dunia Kontemporer.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  29. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Sebenarnya Pendidikan di Indonesia harusnya mengarah Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaimana tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  30. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Tabel ini menunjukkan hubungan antara pelatih Industri, Pragmatisme teknologi, humanis Old, Progressive Educator, Educator Umum dengan politik, matematika, dan nilai moral. Menurut pendapat saya, hubungan terbaik ada jika pendidik publik yang terkait dengan nilai-nilai moral. Ini akan berdampak pada keadilan dan kebebasan.

    ReplyDelete
  31. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Berdasarkan pemahaman saya terhadap peta pendidikan di atas, Di dunia, ada lima kelompok yang memiliki tujuan berbeda dalam pendidikan. Yang pertama dari group industrial trainer, tujuannya adalah untuk menciptakan politik yang benar radikal, menjadikan matematika sebagai badan pengetahuan, dan menciptakan nilai moral yang baik vs buruk melalui pendidikan. Kemudian, dari kelompok Teknologi Pragmatis, tujuannya adalah untuk menciptakan politik konservatif, menjadikan matematika sebagai ilmu kebenaran, dan menciptakan nilai moral pragmatisme. Dari kelompok humanis lama, tujuannya adalah untuk menciptakan politik konservatif atau liberal, menjadikan matematika sebagai struktur kebenaran, dan menciptakan nilai moral dari hierarki paternalistik. Dari kelompok pendidik progresif, tujuannya adalah untuk menciptakan politik liberal, menjadikan matematika sebagai proses berpikir, dan menciptakan nilai moral kemanusiaan. Kemudian yang terakhir adalah dari pendidik masyarakat kelompok, tujuannya adalah untuk menciptakan politik yang demokratis, menjadikan matematika sebagai kegiatan sosial, dan menciptakan nilai moral keadilan dan kebebasan.

    ReplyDelete
  32. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P.Mat A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Mengingat Pancasila adalah salah-satu ideologi yang unik di dunia yang menurut beberapa pandang mencakup dan toleransi pada odeologi-ideologi humanis lainnya, sehingga memunculkan pertanyaan dari saya, “di antara yang tercakup dalam peta pendidikan di atas, manakah bagian yang mengarah pada ideologi pancasila? Dan bagaimana posisi pancasila dalah khazanah pengetahuan ideologi pendidikan di dunia?

    ReplyDelete
  33. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Peta pendidikan dunia yang di gambarkan Prof Marsigit dari Paul ernest menunjukan bahwa membetuk manusia menjadi manusia yang berguna dimasa depan. Bukan memberdayakan manusia agar mereka bisa mempersiapkan dan menjalani masa depan. Indonesia sebagai negara yang sedang membangun tak kalah berbeda menghadapi era pendidikan. Di mana proses yang dilakukan lebih ke arah 3 kolom yang sebelah kiri. Yang pada ujungnya nanti akan mendekatkan pada pola hidup kapital, liberal, bahkan hingga hedonisme. Sungguh ini tidak sesuai dengan dasar negara kita dan adat Indonesia yang saling tolong menolong.

    ReplyDelete
  34. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Saya setuju dengan pernyataan bahwa masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Bisa dibilang kita masih mencari jati diri, dan kita lebih sering berganti tanpa mau melihat dulu kualitas output yang dihasilkan. Indonesia masih berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para kapitalisme, hedon, pragmatisme, materialisme, dan utilitarianisme. Sehingga idealnya, pendidikan di Indonesia sedang mengarah atau menuju ke politik demokrasi, demi mendapatkan generasi pemimpin yang semakin baik dan lebih baik, dan itu juga bentuk usaha mewujudkan cita-cita dalam negara yang berdemokrasi pancasila.

    ReplyDelete
  35. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Banyak harapan yang ingin diwujudkan dalam membangun pembelajaran efektif di sekolah (terutama di Indonesia). Dengan segala keterbatasan yang masih dirasakan sebagian sekolah, pembelajaran diharapkan tetap menjadikan siswa untuk belajar (student-centred) dan guru sebijaksana mungkin menjadi fasilitator yang membantu jika dibutuhkan. Karena sesuai penjaban peta di atas, pembelajaran matematika yang dirasa efektif itu jika siswa (dalam hal ini berperan sebagai educator) melakukan process of thinking. Kegiatan ini meliputi bagaimana siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri dari hasil pengamatan objek yang ada. Tanpa melupakan bahwa bentuk pembelajaran juga menyangkut masalah sosial, di mana iklim kelas pun harus diperhatikan dengan segala keberagaman karakter siswa.

    ReplyDelete
  36. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Tabel ini menunjukkan hubungan antara pelatih Industri, Pragmatisme teknologi, humanis Old, Progressive Educator, Educator Umum dengan politik, matematika, dan nilai moral. Menurut pendapat saya, hubungan terbaik ada jika pendidik publik yang terkait dengan nilai-nilai moral. Ini akan berdampak pada keadilan dan kebebasan.

    ReplyDelete
  37. Addin D.N.A. Muhajir
    15301241037
    Pendidikan Matematika i 2015 - S1

    Peta pendidikan dunia yang dipaparkan oleh Bapak sangat bermanfaat bagi mahasiswa pendidikan S1, yang pada dasarnya hanya mempelajari pendidikan Indonesia, tanpa memahami peta pendidikan global. Memang secara ideal, sistem pendidikan di Indonesia seharusnya mengarah ke kolom sebelah kanan, namun hingga saat ini, 'process of thinking' belum terimplementasi kepada siswa di Indonesia walau kurikulum pendidikan Indonesia sudah mengiblat ke arah tersebut.

    ReplyDelete