Nov 8, 2014

Peta 1 - Peta Pendidikan Dunia _ Dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 1).

Catatan: Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Tetapi bentuk dari Sistem Pendidikan Indonesia mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu : Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis, yang merupakan representasi Dunia Kontemporer atau Power Now; kenapa?, karena baru hanya sampai di situlah kemampuan kita dibanding dengan Dunia Kontemporer, sehingga tidak ada jalan lain bagi Indonesia kecuali menapaki jalan setapak mereka untuk menuju masa depan. Itulah pernah diwaktu yang lampu Pendidikan Dasar diarahkan menuju Back to Basic (tak usah macam-macam, anak SD yang penting cukup bisa Baca, Tulis, dan Hitung). Tiga Kolom kiri, mengimplementasikan Pendidikan sebagai Tradisional/Konvensional, sentralistik dan mendefinisikan Subjek Ilmu sebagai Body of Knowledge, Science of Truth dan Structure of Truth, dan ini sejalan/selaras dengan dunianya para Ilmuwan Dasar (Basic Science) yang bersifat Formal seperti Matematika Murni, Fisika Murni, Biologi Murni dan Kimia Murni, yang kemudian mereka diangkat menjadi Anak Emas nya Power Now untuk eksploitasi Dunia. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism). Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila.

61 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Paul Ernest membagi pendidikan dunia mejadi lima bagian : industrial trainer; technological pragmatist; old humanist; progressive educator and public educator. Secara politis, industrial trainer mengikuti aliran radikal. Secara teknis, pragmatism mengikuti politik konservatif, old humanist mengikuti politik konservatif/liberal, progressive educator mengikuti politik liberal, dan educator menggunakan politik demokrasi dalam pembelajarannya. Industrial Trainer memandang matematika sebagai inti dari pengetahuan dan nilai moral baik-buruk. Technological pragmatism memandang matematika sebagai ilmu kebenaran dan nilai moralnya adalah pragmatisme. Matematika adalah struktur kebenaran pada old humanist. Old humanist juga menjadikan paternalistik sebagai nilai moralnya. Porgressive educator memandang matematika sebagai proses berpikir dan humanis sebagai nilai moralnya. Matematika juga dipandang sebagai aktifitas sosial pada public educator dan hukum juga kebebasan menjadi nilai moralnya. Menurut saya, pembelajaran matematika yang ideal adalah pada public educator, dimana siswa akan menjadi bebas berekspresi, guru menganut paham demokrasi, dan jiwa sosial siswa menjadi semakin berkembang

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dari tabel di atas dengan tiga kolom sebelah kiri menunjukkan bahwa Indonesia belum memiliki sistem pendidikan yang jelas, dikarenakan keterbatasan kita. Kita hanya bisa menganut sistem pendidikan dari negara-negara maju yang sudah dalam tahap menginovasi pendidikan. Menginovasi pendidikan untuk selalu dapat bersaing dalam era saat ini, Indonesia saat ini sudah mulai beranjak untuk melakukan pembelajaran yang berorientasi pada siswa, namun belum pada tahap inovasi pendidikan seperti yang telah dilakukan negara-negara maju.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dari tabel di atas, sistem pendidikan Indonesia mengarah kepada 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu : Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Tetapi untuk sistem pendidikan saat ini, pendidikan sudah mengarah ke pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, media, sumber, dan interaksi pembelajaran yang bervariasi, guru sebagai fasilitator, konstruktivism, dan realistik. Walaupun pendidikan Indonesia masih dalam tahap mencari bentuk, tapi idealnya, pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling kanan, karena disana tercantum Politik demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaimana tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila. Hal ini termasuk dunia Pendidikan yang berjiwa dan bernafaskan demokrasi Pancasila.

    ReplyDelete
  4. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Tabel ini menunjukkan hubungan antara pelatih Industri, Pragmatisme teknologi, humanis Old, Progressive Educator, Educator Umum dengan politik, matematika, dan nilai moral. Menurut pendapat saya, hubungan terbaik ada jika pendidik publik yang terkait dengan nilai-nilai moral. Ini akan berdampak pada keadilan dan kebebasan.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Sistem pendidikan sekarnag masih mencari bentuk yang cocok untuk pendidikan di indonesia, maka nya dari semua sistem KBM , berubah menjadi KTSP, berubah menjadi Kur 2013, 2014, 2015, dan sampai 2016. Selalu bergnti dan berdampak ketidak seimbangan pendidikan. Yang mana setiap tahun selalu berganti. Padahal menurut saya tuntaskan dulu dan resapi dahulu kurikulum yang digunakan jangan karena melihat negara lain maju dengan sistem pendidikan mereka kita malah ikut-ikutan padahal kita belum tentu siap akan hal itu.

    ReplyDelete
  6. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari peta pendidikan dunia yang dibuat oleh Prof. Marsigit dari Paul Ernest dan penjelasan di bawahnya, system pendidikan Indonesia mangarah pada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Padahal Indonesia menganut asas demokrasi pancasila tetapi belum mengarah pada demokrasi yang sesungguhnya. Pendidikan Indonesia pun pada kurikulum 2013 berpusat pada siswa. Dan untuk nilai moral, Indonesia masih good vs bad, prgamatis, dan jierarkhies paternalistic.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Peta ini memberikan gambaran tentang bentuk, posisi atau keadaan pendidikan di Indonesi dan hubungannya dengan apa yang terjadi di dunia. Diketahui pendidikan kita pun masih banyak dipengaruhi oleh kekuasaan Powernow. Di mana pendidikan indonesia masih merujuk pada industrial trainer, technological pragmatis, dan old humanis yang merupakan ciri dari pedidikan kontemporer. Namun, hal ini tidak serta merta menunjukkan bahwa kita sepenuhnya menjajaki langkah mereka. Kita harus berusaha dan selalu optimis terhadap masa depan pendidikan dengan mengedepankan nilai dari negara kita yakni demokrasi Pancasila. Berdasarkan peta ini, pembelajaran yang dilakukan akan lebih efektif jika siswa berperan sebagai educator di mana siswa melakukan process of thinking. Kegiatan ini meliputi bagaimana siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri dari hasil pengamatan objek yang ada. Kemudian guru pun tidak lepas untuk selalu berusaha mengenali keberagaman siswa supaya dapat menggunakan metode mengajar yang berbeda-beda supaya siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran.

    ReplyDelete
  8. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dari tabel diatas dapat saya simpulkan bahwa terdapat lima macam peta pendidikan menurut Paul Ernest, yaitu : Industrial trainer, Technological Pragmatist, Old Humanist, Progressive Educator, dan Public Educator. Kelima peta ini merupakan urutab dari jenis mendidik, dimulai dari industrial Trainer yang bertipe teacher centre sampai pada public educator yang student centre.

    ReplyDelete
  9. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kepalan menghantam pendidikan di Indonesia dikarenakan ideologi pendidikan di Indonesia yang masih belum bisa berdiri kokoh. Hal ini dikarenakan kecenderungan untuk mengadopsi sistem pendidikan negara adidaya tanpa menyaringnya terlebih dahulu. Akibatnya terjadi timpang. Sistem pendidikan Indonesia dalam matematika masih lebih ke struktur dan body matematika, dengan mengabaikan aktivitas sosial dan humanity sebagai aspek yang sangat berpengaruh pula. Ini tentu menjadi pembelajaran dan bahan perbaikan bagi sistem pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  10. Wa’alaikumussalam wr.wb.
    Mengamati dunia pendidikan di Indonesia, tentu menemukan beragam permasalahan. Oleh karena itu perbincangan tentang pendidikan selalu menarik perhatian. Seolah-olah permalahan pendidikan tidak akan berakhir. Para praktisi pendidikan tidak pernah berhenti untuk berinovasi dalam rangka menemukan solusi yang terbaik terhadap permasalahan pendidikan yang ada. Sebagaimana kita telah banyak menyaksikan bahwa pemerintah telah melakukan berbagai inovasi sebagai upaya memperbaiki pendidikan kita. Seperti dikeluarkannya kebijakan sertifikasi guru, pelatihan-pelatihan guru (langsung maupun online), pemberian dana BOS dan lain-lain. Namun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa Kebijakan-kebijakan tersebut mengalami berbagai hambatan dan memunculkan pro-kontra di bebagai kalangan. Kenyataannya banyak spekulasi dan opini di masyarakat luas yang muncul atas kebijakan pemerinyah, apalagi pada hal-hal yang kompleks seperti pendidikan. akibatnya pemerintah mengemban tugas oleh sangat berat dan vital, termasuk membawa pendidikan untuk masuk ke jalur paling kanan pada peta pendidikan dunia yang disajikan oleh bapak Prof. Marsigit pada tabel di atas.

    ReplyDelete
  11. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan peta pendidikan tersebut, sistem pendidikan di Indonesia mengarah pada tiga kolom sebelah kiri, yakni Industrial Trainer, Technological Pragmatist, dan Old Humanis. Ketiga hal ini merepresentasikan pendidikan tradisional/konvensional dan sentralistik. Sementara itu, dua kolom sebelah kanan, yakni Progressive Educator dan Public Educator merepresentasikan pendidikan yang berorientasi pada siswa serta menjunjung nilai demokrasi, keadilan, dan kebebasan. Saat ini, Indonesia tengah menapaki perjalanan dalam mengupayakan terciptanya sistem pendidikan nasional yang lebih baik. Sebagai negara demokrasi dengan ideologi Pancasila, Indonesia sudah seharusnya menjadikan Pancasila sebagai panutan dalam sistem pendidikan nasional guna membentuk generasi yang cerdas dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

    ReplyDelete
  12. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan tabel di atas, diketahui bahwa bentuk pendidikan dibagi menjadi 5 yaitu Industrial Trainer, Technological Pragmatis, Old Humanis, Progressive Educator, dan Public Educator. Namun, Indonesia masih mencari bentuk pendidikan, seperti yang dapat kita amati bahwa Indonesia banyak melakukan "ujicoba" atau "ganti" kurikulum baru yang mengarah pada 3 bentuk pendidikan yaitu Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Padahal idealnya Indonesia harus menuju bentuk Progressive Educator dan Public Educator karena disana tercantum cita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila.

    ReplyDelete
  13. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan peta pendidikan dunia di atas, sistem pendidikan Indonesia mengarah pada wilayah 3 kolom dari kiri, yaitu Industrial Trainer, Technological Pragmatist, dan Old Humanis. Tiga kolom kiri itulah yang mengimplementasi pendidikan konvensional atau tradisional seperti yang terjadi saat pembelajaran masih ceramah dan berpusat pada guru. Sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yaitu Demokrasi Pancasila maka, idealnya sistem pendidikan Indonesia haruslah mengarah pada 2 kolom sebelah kanan yaitu, Progressive Educator dan Public Educator. Dengan adanya inovasi di bidang pendidikan yang terus digencarkan oleh pemerintah, semoga cita-cita tersebut dapat terwujud. Sehingga, mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas dan berbudi luhur yang tidak hanya dimanfaatkan untuk eksploitasi dunia.

    ReplyDelete
  14. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Berdasarkan peta pendidikan pada postingan ini diketahui bahwa bentuk sistem pendidikan di dunia itu banyak. Untuk bentuk sistem pendidikan di Indonesia itu sendiri masih belum jelas/ bercirikhas. Bentuk sistem pendidikan di Indonesia sendiri mengarah ke Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis yang merupakan representasi Dunia Kontemporer atau Power Now. Secara ideal pendidikan di Indonesia haruslah mengarah atau menuju ke Politik Demokrasi sebagaimana kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila.

    ReplyDelete
  15. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dari peta di atas, pendidikan dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu politik, mathematik, dan moral value. Ketiga bagian tersebut memiliki karakteristik dan pemfokusan yang berbeda mengenai apa yang dipelajari. Pembelajaran matematika dapat dilakukan pada public educator, dimana siswa akan menjadi bebas berekspresi, guru menganut paham demokrasi, dan jiwa sosial siswa menjadi semakin berkembang serta dapat menumbuhkan kaktifan dan kreatifitas siswa.

    ReplyDelete
  16. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari tabel peta pendidikan dunia tersebut dan sesuai dengan keterangan yang telah dicantumkan oleh Prof.Marsigit bahwa pendidikan di Indonesia belumlah memiliki bentuk yang jelas hal ini dikarenakan negara Indonesia masih mencari bentuk. Pendidikan Indonesia sendiri mengarah kepada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis yang mana masih mengimplementasikan pendidikan sebagai tradisional. Walaupun kini pendidikan di Indonesia perlahan mulai mengarahkan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa namun agaknya masih butuh waktu yang cukup lama agar dapat tercipta dan terlaksana secara keseluruhan. Selain itu pendidikan di Indonesia diharapkan mengarah kepada politik Demokrasi sebagaimana tercantum dalam cita-cita bangsa yaitu mewujudkan Demokrasi Pancasila.

    ReplyDelete
  17. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dari peta konsep tersebut dapat saya simpulkan bahwa matematika dapat mempengaruhi beberapa bidang yaitu seperti industrial trainer, technological pragmatism, old humanism, progressive educator, public educator. Dan bidang – bidang tersebut terjadi karena adanya hubungan antara matematika dan politik yang di dalamnya terdapat nilai moral yang dapat kita diambil sebagai pelajaran.

    ReplyDelete
  18. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Melihat peta pendidikan Indonesia di atas kita bisa melihat posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di dunia. Dikatakan bahwa Indonesia masih menjadi negara Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis, yang merupakan representasi Dunia Kontemporer atau Power Now. Hal tersebut menjadikan indonesia belum mampu bersaing dengan negara yang telah berkembang pendidikannya. Perlu revolusi pendidikan dari mulai tingkat satuan terendah hingga tertinggi, matematika sekolah harus diterapkan dengan dimensi dan ruang serta waktu pelajar muda sehingga memenuhi karakteristik matematika sekolah.

    ReplyDelete
  19. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Sistem Pendidikan Indonesia yang masih meraba-raba membuat Indonesia belum memiliki jati diri yang mencerminkan sistem pendidikan yang sesuai dengan ideologi bangsa. Indonesia masih mencari apa yang menjadi kebutuhan pendidikan saat ini. Sejauh ini, bentuk dari sistem pendidikan Indonesia masih mengarah pada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis dimana masih menjalankan pendidikan dengan cara Konvensional. Berbeda dengan 3 sistem sebelumnya, Progresive Educator dan Public Educator berusaha menginovasi pendidikan yang berorientasi kepada siswa dan inilah hal yang masih berusaha dicapai oleh sistem pendidikan Indonesia untuk mewujudkan demokrasi Pancasila.

    ReplyDelete
  20. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Sistem pendidikan di Inodnesia belum mempunyai bentuk yang jelas, ini terlihat dari perubahan kurikulum yang dilakukan oleh Pemerintah. Bahkan dalam satu tahun ajaran pernah kurikulum berubah sebanyak lebih dari satu kali. Di Indonesia sistem pendidikannya industrial trainer, technological pragmatis, dan old humanis dimana pendidikan hanya diarahkan menuju back to basic seperti membaca, menulis dan menghitung dan guru mempunyai peran penting dalam proses belajar mengajar. Sedangkan sistem pendidikan progressive educator dan public educator lebih berorientasi pada siswa dan kita baru menjalani proses untuk menujunya sesuai dengan tujuan Permendikbud.

    ReplyDelete
  21. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Berdasarkan tabel peta pendidikan yang dirancang Bapak Marsigit dan Paul Ernest, secara garis besar terdapat 5 macam system pendidikan di Dunia yaitu Industrial Trainor, Technological Pragmatise, Old Humanisme, Progressive Educator, dan Public Educator. Sedangkan untuk system pendidikan di Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas, namun mengarah kepada Industrial Trainor, technological Pragmatise, Old Humanisme. Akan tetapi Industrial Trainor, Technological Pragmatise, Old Humanisme tidak mengarah kepada cita cita demokrasi pancasila. Dimana seharusnya system pendidikan Indonesia mengarah kepada Progressive Educator dan Public Educator yang berusaha memberikan inovasi pendidikan yang berorientasi kepada siswa atau berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  22. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Industri trainer dala politik yaitu berpikir secara radikal, memandang pendidikan harus sesuai dengan strata sosialnya, sehingga tidak layak jika sosial yang berbeda disekolah yang sama. Seperti yang kita tahu bahwa pendidikan dapat menjadi alat untuk meningkatkan status sosial masyarakat. Namun kenapa pendidikan sendiri dapat menyebabkan stratifikasi sosial dan membuat kesenjangan dalam masyarakat.

    ReplyDelete
  23. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Saya mengira mengapa Indonesia menggunakan bentuk Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis adalah karena karakter bangsa dan keadaan Indonesia saat ini. Indonesia saat ini masih menjadi negara berkembang. Sehingga yang sangat diperlukannya adalah pekerja-pekerja untuk industri-industri. Dan saat ini, Indonesia menjadi pasar dunia, akibat dari pasar bebas. Sehingga banyak inovasi-inovasi teknologi yang masuk dan dikonsumsi oleh rakyat Indonesia. Ini pula yang menjadikan kenapa bentuk pendidikan Indonesia juga menganut Technological Pragmatis. Namun karena Indonesia mempunyai sejarah yang kuat di Indonesia masih ada yang menganut Old Humanis. Namun tidak menutup kemungkinan pandangan Old Humanis suatu saat akan digerus oleh pandangan Technological Pragmatis. Karena penganut Old Humanis cenderung adalah rakyat yang berusia lanjut. Sedangkan penganut Technological Pragmatis cenderung rakyat yang berusia muda.

    ReplyDelete
  24. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Dijelaskan di dalam artikel ini bahwa sistem pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Terlihat dari berubah-ubahnya aturan pendidikan yang dibuat oleh pemerintah. Kita hanya mengadaptasi sistem-sistem negara luar untuk diterapkan di negara ini. Seharusnya kita mempunyai tujuan pendidikan yang pasti dan pembuatan aturan-aturan itu dilandaskan pada tujuan pendidikan pasti. Oleh karenanya, aturan-aturan baru yang munculpun juga saling berhubungan dengan aturan-aturan sebelumnya.

    ReplyDelete
  25. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari artikel diatas saya mendapatkan bahwa sistem pendidikan di Indonesia masih belum memiliki jati diri atau masih sering berubah dan mengacu pada negara yang memiliki sistem pendidikan yang sudah maju. Semoga esok sistem pendidikan di Indonesia jelas arahnya dan juga menjadi pendidikan yang inovatif sehingga sesuai dengan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

    ReplyDelete
  26. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan secara sadar, terencana, terpola, dan dapat dievaluasi yangdilakukan oleh pendidik untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensiyang ada dalam peserta didik. Arah pendidikan bangsa Indonesia dalam tataran
    kebijakan diselenggarakan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa
    yang dilandasi keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia. Paul Ernest pendidikan dunia ini dikelompokan menjadi lima kelompok yaitu industrial trainer, pragmatism, old humanism, progressive educator, dan public educator. Dari pemetaan tentang pendidikan tersebut, ternyata pendidikan dapat dipetakan menjadi beberapa bagian yaitu politics, mathematics dan moral value. Pragmatism berpaham politik konservatif, old humanist berpaham politik konservatif/liberal, progressive educator berpaham politik liberal, dan educator berpaham politik demokrasi dalam pembelajarannya.

    ReplyDelete
  27. Sistem pendidikan Indonesia yang ideal sangat diharapkan segera dapat diterapkan dalam pendidikan Indonesia. Karena sebenarnya Indonesia sudah memiliki jati diri sendiri. Pendidikan yang berasal dari Indonesia sendiri akan merasa lebih tepat dan dimiliki. Teori mengajar pun Indonesia sudah punya ajaran Ki Hajar Dewantara. Jikapun masih dianggap terlalu tradisioanl maka generasi penerus dapat menciptakan yang baru atau menyempurnakannya. Sistem pendidikan yang diciptakan oleh putra bangsa sendiri akan lebih baik tidak hanya Amati Tiru dan Modifikasi. Sehingga kita akan mempunyai kebanggan sendiri.

    ReplyDelete
  28. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ketika memilihat pendidikan di Indonesia jelas berbeda dengan negara – negara lain di dunia. Bisa dibilang Indonesia masih jauh tertinggal. Sistem Pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan, terlihat dari perubahan kurikulum yang dalam 15 tahun terakhir terdapat 3 kurikulum yang berbeda. Perubahan ini dimaksudkan untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  29. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Peta pendidikan dunia yang disampaikan dalam postingan pak Prof diatas memberi gambaran kepada saya khususnya mengenai bagaimana bentuk pendidikan di berbagai negara jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Apabila kita akan menempatkan keadaan pendidikan di Indonesia sekarang, saya sependapat dengan pak Prof bahwa sistem pendidikan di Indonesia masih belum memiliki bentuk, karena Indonesia sedang mencari jati diri. Hal ini akan cepat terselesaikan apabila dengan pikiran jernih dan terbuka dari para stake holder mampu merumuskan sebenar-benarnya jati diri Indonesia, sehingga arah tujuan pendidikan tidak terombang-ambing

    ReplyDelete
  30. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Peta 1 tersebut menggambar posisi pendidikan di Indonesia dengan apa yang terjadi di dunia, dimana pendidikan di Indonesia masih sedang berproses untuk mencari bentuk, tetapi pada prosesnya saat ini posisi pendidikan di indonesia lebih mengarah ke Industrial Trainer, Technological Pramatis, dan Old Humanis yang merupakan representasi dunia kontemporer atau power now. Kurikulum di Indonesia yang terus mengalami perubahan mengindikasikan proses pencarian bentuk tersebut, dimana saat ini kurikulum 2013 telah mengupayakan perubahan dari pembelajaran tradisional/konvensional membawa posisi Indonesia menuju 2 kolom sebelah kanan, yakni tercantum politik demokrasi yang selaras dengan demokrasi pancasila di Indonesia.

    ReplyDelete
  31. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Memang saat ini masih ada beberapa daerah yang masih memberlakukan sistem pendidikan yang konvensional, namun dengan program pemerintah yang diberlakukannya kurikulum 2013 yang mana merupakan pendekatan saintifik sehingga apabila kurikulum ini diberlakukan ekspansi secara bertahap dan akhirnya semua daerah menggunakan K13, maka bukan tidak mungkin kalau pendidikan indonesia bisa mencapai target seperti pada kolom paling kanan.

    ReplyDelete
  32. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Indonesia sebagai negara berkembang memang masih terus berusaha untuk mencapai keriteria pendidikan yang baik dan cocok untuk bangsa ini sendiri. hal ini berdampak pada tidak jarangnya kebijakan tentang pendidikan berganti-ganti. dan sesuai dengan kesimpulan diatas, setelah diamat-amati, Indonesia cenderung mengikuti jejak negara-negara super now (adi kuasa) dalam sistem pendidikan. padahal cita-cita awal indonesia tidak seperti demikian. namun kembali lagi, ini masih tahap berusaha. mungkin dan semoga saja suatu hari nanti pendidikan di Indonesia akan sesuai dengan cita-citanya sendiri, diantaranya yaitu mencerdaskan anak bangsa.

    ReplyDelete
  33. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setelah melihat peta pendidikan di atas, saya memperoleh pengetahuan baru mengenai pembagian atau pemetaan pendidikan yang terdiri dari politics, mathematics dan moral value. Ketiga bagian tersebut memiliki karakteristik, kelebihan, dan kekurangan masing-masing.

    ReplyDelete
  34. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju bahwa proses pembelajaran merupakan the process of thinking lebih tepatnya yaitu the process of progressive thinking. Hal ini memiliki makna bahwa dalam proses pembelajaran pada hakikatnya proses mengembangkan pemikiran siswa. Di mana siswa diberi kesempatan untuk mengeksplor kemampuan, berinvestigasi, memperkaya kreativitas, dan selalu kritis serta mandiri. Janganlah menjadi siswa sebagai ‘konsumen’ ilmu guru saja, namun dapat menjadi pencetus ide-ide atau inovasi-inovasi baru (podusen) dalam pembalajaran.

    ReplyDelete
  35. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Karena saya hanyalah orangdengan serba kekurangan, tidak mampu memahami istilah-istilah di atas secara langsung, sehingga saya mencoba mencari refernsi lain.
    Peta pendidikan dunia 1 menjelaskan tentang ideologi politik, pandangan setiap kaum terhadap matematika, dan nilai moral bagi setiap kaum. Sebagaimana yang dikatakan oleh penulis bahwa idealnya pendidikan menganut ke dua kolom paling kanan, yaitu progressive educator dan public educator, akan tetapi kenyataan di Indonesia condong ke tiga kolom paling kiri, yaitu industrial trainer, technological pragmatis, dan old humanis. Di sini saya hanya mengungkapkan idealnya pendidikan di Indonesia agar dijadikan sebagai motivasi. Pertama progressive educator
    a. Politics
    Sikap perilaku politik masyarakat yang berpikir bebas dan ingin maju terus. Menginginkan perubahan progresif dan cepat, berdasarkan hukum dan kekuatan legal untuk mencapai tujuan.
    b. Mathematics
    Matematika dipandang sebagai process of thinking (proses berpikir). Matematika lebih menekankan aktivitas dalam dunia rasio atau penalaran yang terbentuk sebagai hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses, dan penalaran.
    c. Moral value
    Humanisty, pelajaran diintegrasikas dengan nilai-nilai moral agama. Kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan rasa saling menghargai antar siswa.

    ReplyDelete
  36. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Sedangkan, yang kedua adalah public educator,
    a. Politics
    Menurut public educator pendidikan hendaknya bertujuan menyediakan pengalaman untuk menemukan atau memecahkan hal-hal baru dalam kehidupan pribadi dan kehidupan sosialnya. Pada hakikatnya masyarakat adalah terbaik, namun masyarakat yang demokratis merupakan masyarakat terbaik dimana terdapat kesempatan untuk setiap pekerjaan dan dalam demokrasi tidak mengenal adanya stratifikasi sosial
    b. Mathematics
    Matematika dipandang sebagai aktivitas sosial, artinya semua aktivitas sosial didasarkan pada konsep-konsep matematika, sedangkan pada kenyataannya aktivitas sosial yang dilakukan oleh seseorang tidak selalu dihubungkan dengan konsep matematika, karena terkadang seseorang tidak menyadari bahwa matematika telah mengambil bagian dalam setiap aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Dalam nilai moralnya seseorang bebas melakukan segala sesuatu yang diinginkannya tanpa memandang baik atau buruknya
    c. Moral value
    Seseorang bebas melakukan segala sesuatu yang diinginkannya tanpa memandang baik atau buruknya.
    Referensi:
    http://anisyaseptiana20.blogspot.com/2014/01/implementasi-filsafat-dalam-kurikulum.html
    http://trysagustyamanda.blogspot.com/2014/01/implementasi-filsafat-dalam-pendidikan.html

    ReplyDelete
  37. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Postingan tersebut merupakan penjelasan tentang Peta 1 Pendidikan Dunia oleh Paul Ernest yang diilustrasikan oleh Pak Marsigit. Yang saya dapatkan dari informasi di atas adalah bahwa pendidikan di Indonesia masih terletak pada 3 kolom sebelah kiri. Hal ini memang karena pendidikan Indonesia kebanyakan masih menggunakan cara konvensional. Tetapi, dengan adanya pemberlakuan Kurikulum 2013 yang dicanangkan oleh pemerintah, diharapkan pendidikan di Indonesia dapat berkembang menuju kolom sebelah kanan.

    ReplyDelete
  38. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. dari tabel diatas dapat dilihat bahwa paul ernest membagi matematika menjad bentuk body of knowledge, science of truth, structure of truth, process of thinking dan social activities. Di Indonesia matematika baru dilihat sebagai body of knowledge, science of truth, structure of truth. Matematika belum dilihat sebagai aktivitas sosial, sehingga matematika yang diajarkan di sekolah masih dipisahkan dari kegiatan sehari-hari. Padahal jika guru ingin melakukan inovasi pendidikan harus melibatkan kegiatan sehari-hari di lingkungan siswa.

    ReplyDelete
  39. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Paul Ernest membagi pendidikan dunia mejadi lima bagian : industrial trainer; technological pragmatist; old humanist; progressive educator and public educator. Menurut saya pendidikan Indonesia yang paling ideal adalah pada bagian public educator yaitu demokrasi dimana siswa menjadi semakin berkembang serta dapat menumbuhkan keaktifan dan kreatifitas siswa, tetapi untuk mencapai hal tersebut pastilah banyak hambatan-hambatan yang dilalui yang membutuhkan perjuangan.

    ReplyDelete
  40. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sistem Pendidikan di Indonesia mengarah kepada Industrial Trainer dengan menerapkan politik radikal, memandang matematika sebagai tubuh dari pengetahuan dengan nilai moral yang memperhatikan pada nilai baik vs buruk. Kemudian mengarah kepada Technological Pragmatis dengan politik konservative yang memandang matematika sebagai nilai kebenaran dengan nilai moralnya pragmatisme. Kemudian mengarah kepada Old Humanis dengan politik konservative/liberal, memandang matematika adalah struktur kebenaran dengan nilai moral hierarki paternalistic.

    ReplyDelete
  41. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bentuk sistem pendidikan di Indonesia yang mengarah kepada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis mengimplementasikan Pendidikan secara tradisionl / konvensioal. Dimana Pendidikan yang berlangsung masih menggunakan peralatan kuno seperti kapur, tanpa adanya penggunaan teknologi serba canggih, kemudian penggunaaan media yang sederhana, pembelajaran yang berpusat pada guru, serta metode ceramah menjadi satu-satunya metode yang menjadi andalan guru dalam proses pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete

  42. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sistem pendidikan yang paling ideal bagi Indonesia adalah public educator dengan politik demokrasi, memandang matematika sebagai aktivitas sosial, dengan nilai moralnya adalah keadilan dan kebebasan. Dalam public educator siswa akan diberikan fasilitas yang seluas-luasnya untuk memahami suatu pembelajaran, setiap siswa memiliki hak yang sama untuk berpartisispasi dalam kegiatan serta bebas menentukan pendapatnya sesuai dengan batas-batas kesopanan. Siswa dalam melakukan pembelajarannya mengedepankan kerja sama dalam tim sehingga tercipta aktivitas sosial yang baik.

    ReplyDelete
  43. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Tabel pada artikel di atas menunjukkan hubungan antara pelatih Industri, Pragmatisme teknologi, humanis Old, Progressive Educator, Educator Umum dengan politik, matematika, dan nilai moral. Semoga setelah mengetahui hubungan itu, kita dapat memajukan bidang pendidikan menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete

  44. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebenernya Sistem Pendidikan Indonesia masih mencari bentuk yang sesuai. Akan tetapi bentuk Sistem Pendidikan Indonesia telah mengarah kepada 3 kolom sebelah kiri yaitu: Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Hal ini mencerminkan bahwa Sistem Pendidikan Indonesia bersifat Tradisional/Konvensional.

    ReplyDelete
  45. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan peta pendidikan di atas, kita memperoleh pengetahuan baru mengenai pembagian atau pemetaan pendidikan yang terdiri dari politics, mathematics dan moral value. Peta ini memberi informasi tentang bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia.

    ReplyDelete

  46. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dua kolom di sebelah kanan, yaitu Progressive Educator dan Public Educator merepresentasikan pendidikan yang berorientasi pada siswa serta menjunjung nilai demokrasi. Dua hal ini sebenarnya dapat menjadikan Sistem Pendidikan di Indonesia bisa berkembang dan memajukan pendidikan Indonesia karena sesuai dengan nilai Pancasila tentang demokrasi.

    ReplyDelete

  47. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Metode konvensional sudah tidak relevan dengan kurikulum 2013. Metode konvensional merepresentasikan metode ceramah di kelas. Hal ini sudah harus diminimalisir karena sesungguhnya pembelajaran yang baik adalah berorientasi siswa agar siswa dapat mengembangkan ide dan pikirannya.

    ReplyDelete
  48. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sesuai dengan public educator in mathematics, maka pembelajaran matematika yang baik yaitu bisa melibatkan siswa dalam aktivitas sosialnya. Matematika tidak hanya di dalam kelas, akan tetapi matematika adalah benar-benar bisa diterapkan di kehidupan. Misalnya matematika yang berkaitan dengan budaya Indonesia.

    ReplyDelete
  49. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Dilihat dari peta pendidikan di atas, pendidikan di Indonesia cenderung mengarah ke Industrial Trainer, Technological Pragmatist, dan Old Humanist itu memang benar adanya. Karena di Indonesia, kebanyakan guru menggunakan metode konvensional dalam mengajar/pembelajaran masih bersifat pada guru (teacher centered). Akan tetapi, sekarang sudah banyak guru yang mulai berbenah diri dalam melakukan pembelajaran.

    ReplyDelete
  50. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Mereka masih dalam tahap peralihan semula dari teacher centered ke student centered (pembelajaran berpusat pada siswa). Sehingga saya sangat setuju dengan pernyataan Indonesia saat ini masih dalam proses pencarian bentuk dan sistem pendidikan yang ideal untuk diterapkan. Menurut saya kurikulum 2013 merupakan langkah awal/pijakan awal untuk mengubah hal tersebut, yang semula teacher centered menjadi student centered walaupun dalam pelaksanaanya terkendala oleh beberapa hal. Semoga pendidikan di Indonesia semakin maju. Amin.

    ReplyDelete
  51. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Berdasarkan peta 1 pendidikan dunia tersebut kita dapat mengetahui bahwa pada masyarakat industrial trainer, matematika dianggap sebagai body of knowledge. Pada masyarakat technological pragmatis, matematika dianggap sebagai science of truth. Pada masyarakat old humanis, matematika dianggap sebagai structure of truth. Pada masyarakat progressive educator, matematika dianggap sebagai proses berpikir. Sedangkan pada masyarakat public educator, matematika dianggap sebagai aktivitas sosial. Jika dilihat jenis politik yang digunakan yaitu demokrasi maka Indonesia seharusnya menuju ke masyarakat Public educator yang menganggap matematika sebagai aktivitas.

    ReplyDelete
  52. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2104

    Berdasarkan Tabel pada postingan di atas, dapat diketahui bahwa sistem pendidikan di Indonesia saat ini masih berada pada bentuk atau posisi yang tidak jelas. Hal itu terjadi karena beberapa sekolah di Indonesia masih menerapkan sistem pendidikan yang tradisional yang berpusat pada guru meskipun saat ini pemerintah Indonesia sudah mulai menerapkan sistem pendidikan yang baru yaitu yang inovatif dan berpusat pada siswa. Jika melihat kenyataan tersebut, maka Indonesia masih berada pada posisi yang tidak jelas, yaitu berada di antara Industrial Trainer, Technological Pragmatist, Old humanist dan Progressive Educator, Public Educator. Namun, jika kita melihat pada tujuan pendidikan Indonesia dan kebutuhan Indonesia saat ini, Indonesia lebih baik meningkatkan sistem pendidikan yang berada pada posisi Progressive Educator dan Public Educator.

    ReplyDelete
  53. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Salah satu sistem pendidikan di Indonesia yaitu Sistem Pendidikan Nasional.
    Sistem pendidikan ini banyak diadopsi oleh sekolah negeri dan swasta. Ada tiga jenjangnya, yaitu: Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, dan Pendidikan Tinggi.

    ReplyDelete
  54. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Pada Sistem Pendidikan Nasional terdapat tiga jenjang, yaitu: Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, dan Pendidikan Tinggi. Sedangkan salah satu program pendidikan di Indonesia yaitu Program Wajib belajar 12 tahun, agar tingkat pendidikan di Indonesia meningkat dan diharapkan dapat mengikuti persaingan dunia.

    ReplyDelete
  55. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Tabel di atas menunjukkan peta pendidikan dunia oleh Paul Ernest dan diadaptasi oleh Bapak Prof Marsigit menjadi peta pendidikan Indonesia. Peta tersebut menggambarkan pendidikan di dunia dari tahun ke tahun, semakin ke kanan itu berarti mendekati masa kini, dan yang sebelah kiri adalah masa lampau. Jika melihat keadaan pendidikan di Indonesia saat ini, Indonesia masih berada di tiga kolom kiri, itu berarti pendidikan di Indonesia masih tertinggal dari negara lain. Misalkan saja negara A telah berada di kolom ketiga dari kiri sejak 20 tahun yang lalu dan sekarang telah menerapkan pendidikan public educator (kolom paling kanan) sedangkan Indonesia masih memasuki kolom ketiga dari kiri atau old humanism. Semoga ke depannya Indonesia dapat mengejar ketertinggalan dan menjadi negara yang maju di bidang pendidikan.

    ReplyDelete
  56. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju pendapat pak Prof. Bahwa Indonesia masih meliputi 3kolom dari kiri. Namun mathemaika di Indonesia sedang menuju mathematika pada kolom ke 4 yaitu process of thinking. Karena siswa sekarang ditujukan bahwa belajar matematika berasal dari aktivitas sehingga menjadikan pengalam matematika untuk mereka. Sehingga dalam prosesnya diharapkan matematika itu menjadi salah satu pola pikir mereka. Yaitu pola pikir yang terpola dan terstruktur.

    ReplyDelete
  57. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menurut saya berdasarkan tabel mengenai Pendidikan dunia menurut Paul Ernest, Pendidikan yang sesuai dengan keadaan masyrakat Indonesia saat ini adalah Public Educator. Hal ini dikarenakan dalam Public Educator mengantut politik demokrasi, yang berarti bahwa semua masyarakat mempunyai hak yang sama untuk memperoleh Pendidikan. Selain itu, Pendidikan tersebut memandang matematika sebagai aktivitas sosial dimana siswa akan menjadi lebih aktif dan interaktif. Nilai moral yang dijunjung tinggi adalah kebebasan berpendapat, yang berarti setiap orang memiliki hak untuk mengungkapkan pendapatnya baik yang bersifat negative ataupun positif sesuai dengan aturan dan batasan kesopanan yang berlaku di Indonesia.

    ReplyDelete
  58. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Saya sepakat bahwa memang sistem pendidikan di indonesia masih jauh jika dibandingkan dengan negara lain di luar indonesia. ini merupakan suatu tantangan bagi siapa saja yang berperan dalam dunia pendidikan khususnya bagi para guru maupun calon guru. Ini menjadi tugas seorang guru agar mampu belajar dan melakukan penelitian penelitian agar semakin memahami dunia pendidikan yang terjadi di indonesia.

    ReplyDelete
  59. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Terdapat lima macam peta pendidikan menurut Paul Ernest, yaitu: Industrial Trainer, Technological Pragmatist, Old Humanist, Progressive Educator, dan Public Educator. Jika dilihat dari aspek politik, peta pendidikan yang paling ideal adalah public Educator yang berbasis demokrasi. jika dilihat dari aspek matematis, peta pendidikan yang paling ideal juga berasal dari public educator yang berbasis aktivitas sosial. Hal ini dikarenakan hakikat matematika sekolah adalah kegiatan. Jika dilihat dari aspek nilai moral, peta pendidikan yang paling ideal juga berasal dari public educator yang berbasis keadlian dan kebebasan. Namun keadilan dan kebebasan ini harus berlandaskan rasa tanggung jawab.

    ReplyDelete
  60. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebagai negara yang sedang berkembang, sebenernya negara ini memiliki kesempatan yang seluas-luasnya untuk mau menjadi seperti apa negara ini di kemudian hari. Dengan melihat, merevisi, serta mencari bentuk yang paling sesuai dengan karakteristik bangsa adalah pilihan yang harus disesuaikan dengan kepribadian bangsa dan negara, dimana untuk tidak dilupakan bahwa kita merupakan bangsa timur yang menjunjung tinggi norma luhur dari nenek moyang secara turun temurun.

    ReplyDelete
  61. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pendidikan di Indonesia diarahkan dalam upaya mencapai cita-cita luhur bangsa yakni mewujudkan Demokrasi Pancasila. Pendidikan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pribadi yang mengalami proses belajar, dengan berlandaskan terhadap makna yang terkandung dalam Pancasila. Oleh karena itu, sudah selayaknya bagi kita sebagai bagian yang ada di dalam ruang lingkup dunia pendidikan, untuk ikut serta mensukseskan cita-cita bangsa kita, khususnya di bidang pendidikan.

    ReplyDelete