Nov 8, 2014

Peta 1 - Peta Pendidikan Dunia _ Dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 1).

Catatan: Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Tetapi bentuk dari Sistem Pendidikan Indonesia mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu : Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis, yang merupakan representasi Dunia Kontemporer atau Power Now; kenapa?, karena baru hanya sampai di situlah kemampuan kita dibanding dengan Dunia Kontemporer, sehingga tidak ada jalan lain bagi Indonesia kecuali menapaki jalan setapak mereka untuk menuju masa depan. Itulah pernah diwaktu yang lampu Pendidikan Dasar diarahkan menuju Back to Basic (tak usah macam-macam, anak SD yang penting cukup bisa Baca, Tulis, dan Hitung). Tiga Kolom kiri, mengimplementasikan Pendidikan sebagai Tradisional/Konvensional, sentralistik dan mendefinisikan Subjek Ilmu sebagai Body of Knowledge, Science of Truth dan Structure of Truth, dan ini sejalan/selaras dengan dunianya para Ilmuwan Dasar (Basic Science) yang bersifat Formal seperti Matematika Murni, Fisika Murni, Biologi Murni dan Kimia Murni, yang kemudian mereka diangkat menjadi Anak Emas nya Power Now untuk eksploitasi Dunia. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism). Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila.

41 comments:

  1. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebagai negara yang sedang berkembang, sebenernya negara ini memiliki kesempatan yang seluas-luasnya untuk mau menjadi seperti apa negara ini di kemudian hari. Dengan melihat, merevisi, serta mencari bentuk yang paling sesuai dengan karakteristik bangsa adalah pilihan yang harus disesuaikan dengan kepribadian bangsa dan negara, dimana untuk tidak dilupakan bahwa kita merupakan bangsa timur yang menjunjung tinggi norma luhur dari nenek moyang secara turun temurun.

    ReplyDelete
  2. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pendidikan di Indonesia diarahkan dalam upaya mencapai cita-cita luhur bangsa yakni mewujudkan Demokrasi Pancasila. Pendidikan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pribadi yang mengalami proses belajar, dengan berlandaskan terhadap makna yang terkandung dalam Pancasila. Oleh karena itu, sudah selayaknya bagi kita sebagai bagian yang ada di dalam ruang lingkup dunia pendidikan, untuk ikut serta mensukseskan cita-cita bangsa kita, khususnya di bidang pendidikan.

    ReplyDelete
  3. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Hal yang kami (saya) pelajari dari tabel di atas adalah bahwa pendidikan kita masih sangat beroroentasi pada materi dan dipengaruhi oleh mindset “Power Now” yang sejatinya kurang cocok dengan jati diri bangsa kita.

    ReplyDelete
  4. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Berdasarkan tabel dan penjelasan Pak Prof. saya bisa mempelajari bagaimana kondisi pendidikan di dunia serta berada di posisi mana pendidikan Indonesia saat ini. Disini saya tertarik dengan “progressive educator” dan “public educator”, dimana mendefenisikan subjek ilmu matematika sebagai “process of thinking” (proses berpikir) dan “social activities” (aktivitas sosial).
    Menurut saya, wajar saja jika progressive educator dan public educator ini kemudian menggambarkan usaha untuk menginovasi pendidikan ke arah pembelajaran yang berpusat kepada siswa, karena memang berlandaskan pada proses berpikir dan aktivitas sosial.

    ReplyDelete
  5. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat 2017 A

    Tulisan ini diposting tiga tahun yang lalu. Bapak mengatakan bahwa pendidikann kita masih pada 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Bapak juga menuliskan bahwa Indonesia tidak akan sampai pada kolom yang paling kanan (Public Educator) kecuali dengan menapaki jalan setapak mereka untuk menuju pendidikan yang lebih baik di masa depan. Sekarang sudah tahun 2017, menurut saya negara Indonesia memang sudah berusaha menapaki jalan setapaknya untuk menuju pendidikan yang lebih baik. Terbukti, sudah banyak inovasi-inovasi pembelajaran yang ditemukan, sudah banyak sekolah-sekolah yang menerapkan siswa sebagai pusat dalam proses pembelajaran, belajar matematika tidak selalu di dalam kelas, dll. Akan tetapi, bukan berarti pendidikan di Indonensia sekarang sudah sempurna seperti yang diharapkan. Masih banyak jalan setapak yang harus dilalui Indonesia agar pendidikannya benar-benar sesuai dengan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  6. Junianto
    17709251065
    PM C

    Kalau berbicara tentang pendidikan di Indonesia tentu masih perlu banyak evaluasi dan peningkatan. Berdasarkan catatan ini, Indonesia sekarang sedang mencari bentuk pendidikan kita. Benar memang, karena itulah yang terjadi sekarang ini kurikulum yang di evaluasi secara berkala menunjukkan itu dan menunjukkan pula adanya semangat perbaikan pendidikan yang sangat tinggi. Tetapi itu semua tidak akan terwujud tanpa bantuan berbagai elemen masyarakat. Tanpa kesadaran pendidik, siswa, orang tua, tenaga sarpras, dsb, semangat perbaikan itu juga akan sia-sia.

    ReplyDelete
  7. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Berdasarkan pemahaman saya berdasarkan peta pendidikan di atas, Di dunia, ada lima kelompok yang memiliki tujuan berbeda dalam pendidikan. Yang pertama dari group industrial trainer, tujuannya adalah untuk menciptakan politik yang benar radikal, menjadikan matematika sebagai badan pengetahuan, dan menciptakan nilai moral yang baik vs buruk. Kemudian, dari kelompok Teknologi Pragmatis, tujuannya adalah untuk menciptakan politik konservatif, menjadikan matematika sebagai ilmu kebenaran, dan menciptakan nilai moral pragmatisme. Dari kelompok humanis lama, tujuannya adalah untuk menciptakan politik konservatif atau liberal, menjadikan matematika sebagai struktur kebenaran, dan menciptakan nilai moral dari hierarki paternalistik. Dari kelompok pendidik progresif, tujuannya adalah untuk menciptakan politik liberal, menjadikan matematika sebagai proses berpikir, dan menciptakan nilai moral kemanusiaan. Kemudian yang terakhir adalah dari pendidik masyarakat kelompok, tujuannya adalah untuk menciptakan politik yang demokratis, menjadikan matematika sebagai kegiatan sosial, dan menciptakan nilai moral keadilan dan kebebasan.

    ReplyDelete
  8. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Postingan ini menggambarkan sistem pendidikan Indonesia saat ini, gambaran yang dibuat oleh Bapak mengenai sistem pendidikan Indonesia. Memang benar bahwa sistem pendidikan Indonesia belum mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan masih menjadi bangsa yang mencari jati diri. Tapi dari tabel peta telah ada bayangan arah sistem pendidikan indonesia nantinya. Untuk menjadikan sistem pendidikan Indonesia yang baik, maka harus ada yang namanya perjuangan. Dan ini harus didukung oleh semua kalangan. Semoga peta sistem pendidikan Indonesia akan berjalan sesuai yang diinginkan.

    ReplyDelete
  9. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Menurut Paul Ernest, pendidikan di dunia dibagi menjadi lima yaitu industrial trainer, tegnological pragmatist, old humanist, progressive educator, dan public educator. Industrial trainer mengikuti aliran radikal jika dilihat dari sisi politis, pragmatis secara teknis masuk pada politik konservatif, old humanis liberal, progressive educator juga liberal, public educator menggunakan politik demokrasi. Sebenarnya yang diinginkan Indonesia itu adalah demokrasi, tetapi dalam kenyataanya yang berkembang tidak hanya itu, semua sudah tercampuraduk dengan paham-paham yang lain, sehingga semakin lama jati diri bangsa semakin terkikis.

    ReplyDelete
  10. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Seperti yang telah diungkapkan di bacaan di atas, semestinya pendidikan kita menganut ideologi yang sesuai dengan falsafah bangsa kita,yaitu publik educator. Berbagai upaya telah dilakukan, baik dari sistem hingga praktik di lapangan untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Perubahan paradigma pembelajaran menuju pembelajaran inovatif pun tengah diupayakan. Namun, dalam kenyataannya tidak mudah untuk dapat melakukan inovasi pembelajaran. Terdapat berbagai permasalahan yang membuat kita sulit untuk benar-benar menunjung tinggi falsafah bangsa. Hal ini membuat kita hampir kehilangan jati diri bangsa kita sendiri.

    ReplyDelete
  11. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Indonesia menuju pendidikan demokrasi, Indonesia menuju sistem pendidikan ideal. Sistem ideal seperti apakah menurut pandangan pemerintah saat ini? Pendidikan sejatinya harus mempersiapkan penerus yang dapat bersaing secara internasional, untuk itu tujuan pendidikan secara nasional dan dunia harus ditetapkan dan dipahami oleh seluruh pelaksana pendidikan di Indonesia. Kendala pasti ada, namun yang paling kuat menghalangi adalah pemikiran yang sempit dan masih tertutup pada sebagian besar aktor pendidikan. Untuk mengubah secara keseluruhan dalam waktu yang singkat, sangat mustahil apabila kesadaran untuk berinovasi dan berubah tidak muncul dari dalam hati. Mungkin butuh waktu yang sangat lama untuk meletakkan Indonesia di dua kolom kanan dari peta diatas.

    ReplyDelete
  12. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Seperti yang dinyatakan oleh Prof Marsigit dalam postingan ini, bahwa pendidikan di Indonesia masih harus melakukan perjalanan jauh untuk mencapai pendidikan yang berorientasi pada siswa. Mirisnya, sistem pendidikan di Indonesia masih mengarah pada kolom Industrial trainer, technological pragmatism, dan old humanism. Sedangkan kolom yang ingin dicapai adalah progressive educator dan public educator. Indonesia baru sampai pada tahap yang mendefinisikan matematika sebagai ilmu pasti, bukan sebagai proses berpikir ataupun aktivitas sosial. Indonesia masih secara kasar mendefinisikan matematika. Hal ini sangat jelas terlihat dalam sistem pendidikan Indonesia yang 10 tahun belakangan ini masih juga memberikan matematika formal kepada siswa, bukannya matematika kontekstual. Sedangkan di negara-negara yang telah lebih maju, mereka menganggap matematika adalah aktivitas sosial, yang merupakan aktivitas yang sangat dekat dengan kehidupan mereka

    ReplyDelete
  13. Anias Safitri
    17701251038
    PEPB

    Menurut Paul Ernest, era pendidikan dunia dibagi menjadi 5 era, era industrial trainer, technological pragmative, old humanism, progressive educator, dan public educator. Kelima era ini di sini dapat ditinjau dari segi politik, matematika, dan nilai moral yang ada. Dilihat dari segi perkembangan matematika, matematika di berkembangan dari matematika sebagai body of knowledge, science of truth, structure of truth, process of thinking, dan social activities. Pada era konteporer dunia pendidikan di indonesia dapat mencapai pada 3 era yaitu Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism). Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila. Proses dimana 5 era merupakan proses dalam dunia pendidikan berlangsung, dengan jalanyang ditempuh merupakan jalan panjang karena pendidikan itu adalah proses, dan tidak bisa diharilkan dengan jangka pendek harus berkesinambungan untuk menuju indonesia emas.

    ReplyDelete
  14. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Hal yang mendasari dari suksesnya pendidikan di suatu komunitas adalah sikap untuk tidak memperoleh keuntungan dari apa yang dilakukan. Karena pada dasarnya pendidikan itu akan berjalan dengan baik jika sistem yang kita kelola berisi orang-orang yang memikirkan masa depan suatu kelompok yang besar, bukan hanya memikirkan suatu kelompok kecil dalam kelompok besar, bahkan ada juga yang hanya berorientasi pada keuntungan pribadi. Jika keadaan ini semakin berlanjut, pendidikan tidak akan berjalan dengan baik karena masih ada tujuan-tujuan tertentu yang mengiringinya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  15. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Maematika

    Assalamu'alaikum wr.wb

    ternyata ilmuwan dasar yang menjadi sasaran power now. dan negara kita menjadi sasaran empuk untuk menjalankan misi-misi mereka. sebenarnya bekal apa yang harus kita miliki untuk membentengi diri? salah satu nya mungkin dengan lebih banyak membaca. meskipun kita harus berhati-hati dengan media di masa sekarang ini, tetapi jika kia menghindar untuk membaca berita, maka kita akan sulit untuk memperoleh informasi itu

    ReplyDelete
  16. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Kalau di nilai dari sistem pendidikan negara Indonesia masih cukup jauh ketinggalan dibandingkan dengan negara lain, namun kalau di nilai dari segi Sumber Daya Manusia indonesia tidak kalah dengan negara-negara luar hal ini dapat dibuktikan dengan tercapainya berbagai prestasi yang dilakukan oleh pelajar indonesia dikancah internasional. MAka dari itu kita sebagai bangsa dari negara ini tidak perlu berkecil hati, namun hal yang perlu kita lukukan adalah tetap semangat dalam menciptakan berbagai macam inovatif baik di bidang pendidikan maupun non pendidikan yang finalisasinya bisa mengharumkan nama bangsa.

    ReplyDelete
  17. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Pendidikan sebagi suatu sistem mensyaratkan perbaikan di segala aspeknya demi tercapainya tatanan yang lebih baik lagi. Nilai-nilai moral yang ada dalam kehidupan seharusnya tidak mengalami degradasi. Moral-moral tersebut dari paham yang membedakannya menjadi baik atau buruk, kelomok pragmatis, hirarkis paternalis, ataupun kelompok yang memandang nilai moral sebagai humanity atay kebebasan dan keadilan. Cara pandang matematika berawal dari pandangan bahwa matematika hanyalah ilmu pengetahuan belaka, kemudian meningkat menjadi matematika sebagai kebenaran ilmiah, matematika sebagai kebenaran yang berstruktur, meningkat matematika yang dilibatkan sebagai proses olah pikir manusia, kemudian meningkat menjadi matematika sebagai aktivitas sosial. Saat kita akan mengadopsi suatu sistem, tentulah bukan sembarang sistem yang diadopsi, melainkan sistem yang mampu mengcover karakter subjek dan objek didik di Indonesia. Dan sistem tersebut tidak dapat ditentukan secara instan, malinkan melalui oercobaan dan diamati dalam kurun waktu tertentu

    ReplyDelete
  18. Jika kita menelisih keadaan pendidikan di Indonesia, tidak serta merta dapat kita bandingkan dengan m=negara yang telah berumur ratusan tahun. Indonesia yang merdeka pada tahun 1945 masih dalam proses untuk bangkit dan memajukan sektor-sektor kehidupan, termasuk pendidikan. Demi kemajuan yang berarti, paradigma dan sudut pandang kita terhadap pendidikan dan aspek-aspeknya memang perlu diubah. Kita tidak hanya mematok pendidikan dari segi tujuan serta outputnya, melainkan outcome pendidikan di Indonesia ditinjau dari outcome ideal Nasional dan internasional. Perlu banyak perbaikan di sana-sini. Sebagai generasi muda, calon pendidik atau bahkan sebagai seorang pendidik kita harus meninjau ulang proses pembelajaran yang terjadi di lapangan, bagaimana implementasi perncanaan pembelajaran yang dilakukan, serta apakah evaluasi yang dilakukan mampu mengakomodir kemampuan siswa secara transparan. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  19. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Menurut survei political and economic Risk Consultan (PERC), kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari12 negara di Asia.Posisi Indonesia berada di bawah vietnam.Data yang dilaporkan The world (Economic Forum swedia (2000),Indonesia memiliki daya saing yang rendah, yaitu hanya menduduki urutan ke 37- dari 57 negara yang disurvei dari lembaga yang sama.Indonesia hanya berpredikat sebagi follower bukan sebagai pemimpin teknologi dari 53 negara di dunia.Somaga dengan adanya peta pendidikan ini, menjadi gambaran buat pendidikan di negeri ini ,untuk menata lebih baik lagi pendidikan di Indonesia.Aminn.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  20. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Postingan di atas menggambarkan bagaimana sistem pendidikan di dunia, termasuk bagaimana sistem pendidikan di Indonesia. Memang benar sistem pendidikan di Indonesia belum terlihat secara jelas, masih perlu dilakukan perbaikan di sana-sini secara terus-menerus, sistem pendidikan di Indoensia masih mencari jati diri. Namun bukan tidak mungkin nantinya Indonesia mempunyai sistem pendidikan yang bagus dan dapat sesuai dengan kondisi. Tentunya harus disertai dengan dukungan dari semua pihak terkait untuk mewujudkannya.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Menurut saya meskipun di Indonesia belum memiliki sistem pendidikan yang jelas, namun sudah mulai berkembang dari tahun ke tahun. Bahkan negara asing juga sudah mulai banyak yang menempuh pendidikan di Indonesia. Meskipun demikian penting untuk menetapkan sistem yang jelas. Hal ini akan mengarahkan pada kemajuan pendidikan di Indonesia itu sendiri. Sistem pendidikan negara lain yang lebih baik patut dijadikan sebagai bahan studi banding. Penting pula untuk mengembangkan kompetensi para educator.

    ReplyDelete
  23. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Seperti yang telah bapak sampaikan diatas, bahwa pendidikan Indonesia masih mencari bentuk. Hal ini dirasakan sangat wajar, karena berbagai pengaruh dari luar secara besar-besaran bagi Indonesia, menjadikan Indonesia memiliki banyak pilihan untuk mengadaptasi suatu sistem. Oleh karena perlu upaya yang kuat dari pemerintah untuk menentukan arah pendidikan di Indonesia.

    Demikia, terimakasih.

    ReplyDelete
  24. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Saya sangat setuju bahwa saat ini pendidikan Indonesia masih dalam proses mencari bentuk yang ideal. Pendidikan Indonesia saat ini tengah berupaya untuk menuju politik pendidikan demokrasi yang berlandaskan pada Pancasila. Jika menilik pada postingan lainnya dengan judul "Peta Filsafat dan Ideologi Pendidikan" salah satu ciri pendidikan demokrasi adalah menempatkan siswa sebagai aktor belajar yang aktif sedangkan guru sebagai fasilitator. Hal ini dapat dilihat dengan upaya pemerintah dalam mengembangkan kurikulum yang menekankan pada aktivitas aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan berbasis pada kegiatan penelitian atau scientific.

    ReplyDelete
  25. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Langkah perjalanan pendidikan di Indonesia ternyata masih panjang dan penuh liku. Banyak tantangan yang menghambat setiap perjalanannya. Namun, hendaknya semua itu justru menjadi semangat untuk terus melangkah. Yang terpenting adalah bagaimana agar tetap terus melangkah dan memperpanjang langkahnya. Kerjasama dan kesadaran dari semua pihak yang terlibat dalam pendidikan Indonesia untuk memperjuangkan kemajuan pendidikan sangatlah diperlukan.

    ReplyDelete
  26. Junianto
    17709251065
    PM C

    Bisa disepakati bersama bahwa pendidikan dikatakan sebagai ujung tombak kemajuan suatu bangsa. Pendidikanlah yang akan menghasilkan generasi penerus yang berkualitas maupun sebalikya karena tergantung pula pada kualitas pendidikan itu sendiri. Semangat dan usaha perbaikan pendidikan sampai saat ini memang perlu di apresiasi meskipun pada realitanya belum sesuai harapan masyarakat. Semua elemen masyarakat memang harus bahu membahu dalam upaya perbaikan pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  27. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Mohon maaf Prof, saya belum bias memahami apa yang Prof Marsigit sajikan dalam bentuk table. Namun saya memiliki pertanyaan setelah membaca deskripsi yang Prof Marsigit tulis, Prof Marsigit menyebutkan bahwa system Pendidikan Indonesia belum memiliki bentuk yang jelas karena masih dalam proses mencari bentuk yang pas. Yang ingin saya tanyakan, berdasarkan wawasan dan pengalaman Prof Marsigit, kira-kira alasan apa yang membuat Negara kita belum memiliki system pendidikan yang jelas? apakah ada factor usia sebuah Negara? kemudian kira-kira berapa lama suatu Negara mulai memiliki system pendidikan yang jelas dan factor apa yang menjadi kuncinya? demikian Prof, mohon berkenan untuk memberikan jawaban. terima kasih

    ReplyDelete
  28. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Seperti yang Bp katakan "Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk". Karena belum memiliki bentuk pendidikan di Indonesia masih dipengaruhi oleh sistem pendidikan kolonial pada zaman penjajahan baik dari segi proses pendidikannya, tujuan pendidikan, bahkan sampai pelaku pendidikan itu sendiri. 72 tahun sudah kita merdeka secara fisik namun secara mental kita belum sepenuhnya merdeka, tanpa kita sadari kehidupan kita masih terpengaruhi oleh powernow meski terkadang bertentangan dengan karakter kita.

    ReplyDelete
  29. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Tujuan pendidikan Indonesia yang menjadi tujuan paling utama adalah terbentuknya sikap spiritual dan perilaku yang sesuai dengan norma dan ajaran agama yang berlaku, barulah setelah itu pengetahuan dan keterampilan. Keempat tujuan utama ini akan sangat bermanfaat bagi kemajuan bangsa apabila keempatnya tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  30. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Matematika sebagai tubuh dari pengetahuan menjadi sebuah dasar dari berkembangnya ilmu-ilmu pengetahuan yang lain, tetapi masih di bawah spiritual dan filsafat. Selain itu, matematika dapat menjadikan orang-orang yang mempelajarinya untuk dapat berpikir secara terstruktur dan sistematis.

    ReplyDelete
  31. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Setelah membaca penjabaran Bapak ,mengenai tabel di atas, tentunya kita patut waspada, bagaimana kita menghindari ancaman powernow sedangkan pendidikan yang menyiapkan generasi penerus bangsa kita saja mengarahkan pada dunia powernow. Namun mengubah pandangan tentang arah pendidikan tidak bisa serta merta atas pendapat pakar-pakar dunia pendidikan, karena peraturan di negara kita diatur oleh pemerintah yang dalam mengambil keputusan tentunya dipengaruhi banyak faktor.

    ReplyDelete
  32. Wisniarti
    1770921037
    PM B Pascasarjana

    Setiap tahunnya Indonesia memperbaiki sistem pendidikan Indonesia. Tujuannya untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan matematika. Pembelajaran berpusat pada siswa sudah diterapkan di Indonesia, namun menurut saya belum ada peningkatan kualitas siswa yang diinginkan. Banyak faktor yang menyebabkan belum meningkatnya kualitas siswa meski telah diberlakukannya pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satunya yaitu siswa belum siap dengan kegiatan tersebut, karena siswa terbiasa dengan menerima pembelajaran dari guru. Dari bagan di atas menunjukan kepada pembaca letak pendidikan di Indonesia dimana. Indonesia menganut sistem demokrasi artinya Indonesia bebas dalam mengemukakan pendapat guna memperbaiki suatu sistem yang kurang baik, termasuk mengenai sistem pendidikan di Indonesia. Untuk itu sebagai generasi penerus sebaiknya ikut aktif dengan memajukan pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  33. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B 2017

    Indonesia termasuk salah satu negara yang berkembang. Indonesia berpegang teguh pada Pancasila. Pancasila mengajarkan untuk demokrasi. Di dalam dunia pendidikan, Indonesia masih mencari sistem pendidikan yang baik untuk diterapkan. Oleh karena itu, Indonesia sering mengganti sistem pendidikan salah satunya yaitu kurikulum yang diterapka pada Satuan Pendidikan. Walaupun, pendidikan di Indonesia masih tertinggal dengan negara-negera lain, namun SDM yang dimiliki Negara Indonesia sebenarnya mampu untuk bersaingan dengan negara-negara yang sistem pendidikannya sudah baik. Terbukti bahwa ada beberapa anak Indonesia yang dapat menjuarai olimpiade tingkat dunia. Menurut saya, Negara Indonesia perlu menerapkan sistem pendidikan yang sesuai dengan karakteristik bangsa dan mengembangkan setiap bakat yang dimiliki setiap SDM. Jadi harus melihat bakat anak, karakteristik anak, dan sesuai dengan ideologi yang di anut yaitu Pancasila, serta berpegang teguh pada Tuhan yang menciptakan bumi beserta isinya.
    Terimakasih Bapak Marsigit atas ilmunya.

    ReplyDelete
  34. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Walaupun banyak perwakilan siswa Indonesia yang mendapatkan olimpiade di kancah internasional dan bisa sejajar dengan negara maju, namun pendidikan di Indonesia secara umum masih kalah dengan negara-negara maju. Mungkin dikarenakan luasnya Indonesia, sehingga pemerataan pendidikan belum merata, khususnya di daerah timur. Ditambah lagi dengan sistem pendidikan yang berubah-ubah, menyebabkan istilah ganti menteri ganti kurikulum. Namun setidaknya kita patut berbangga di Indonesia masih menggaungkan pendidikan karakter, moral, dan agama, yang mungkin ketiga komponen itu tidak ada di negara maju. Meski demikian kita sebagai pendidik harus tetap optimis menyongsong masa depan pendidikan indonesia yang lebih baik.

    ReplyDelete
  35. Dari tabel tersebut saya dapat memahami posisi Pendidikan di Indonesia di dunia berdasarkan politics, mathematics, dan moral value. Tiga kolom industrial trainer, technologica pragmatism, dan old humonis yang mengimplemenasikan jenis pendidikan tradisional, yang kini telah berkembang oleh para pemikir-pemikir yang membentuk system pendidikan terbaru seperti pada kolom progressive educator dan public educator. Jika Indonesia seperti yang bapak paparkan belum memiliki bentuk yang jelas arah system penddikannya, dan mengarah kepada kolom paling kanan, saya berharap bahwa system pendidikan kita tidak berpengaruh pada pengrusakan akhlak dan kepribadian Indonesia, mempunyai bentuknya sendiri tidak tergoyahkan oleh system-sistem lain, yang memuat niali-nilai Pancasila.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  36. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Berbagai macam ideologi lahir di dunia dan masing-masing selalu berusaha untuk menjadi fondasi dunia agar segala kepentingannya dapat terpenuhi dan diakomodir oleh seluruh Negara di dunia. Pendidikan Indonesia saat ini sedang mengalami pengikisan identitas dan terbawa arus sekte dunia. Saya tertarik dengan konsep Public Educator di atas, karena saya menganggap bahwa ruh dari pendidikan Indonesia dapat terwakili. Pada dasarnya pendidikan Indonesia didirikan atas dasar kepentingan public yang dibantu dengan keterlibatan public di mana di dalamnya terdapat unsur-unsur demokrasi, aktivitas sosial (gotong royong) dan keadilan terhadap tiap-tiap individu.

    ReplyDelete
  37. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Tabel ini menunjukkan hubungan antara pelatih Industri, Pragmatisme teknologi, humanis Old, Progressive Educator, Educator Umum dengan politik, matematika, dan nilai moral. Menurut pendapat saya, hubungan terbaik ada jika pendidik publik yang terkait dengan nilai-nilai moral. Ini akan berdampak pada keadilan dan kebebasan.

    ReplyDelete
  38. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Saya setuju dengan pendapat Pak Marsigit bahwa idealnya pendidikan di Indonesia mengarah kepada kolom yang sebelah kanan, karena pada kolom paling kanan politiknya yaitu demokrasi, sesuai dengan paham yang dianut Indonesia, yaitu demokrasi pancasila. Selain itu juga, mengenai nilai moral dalam public education menganut kebebasan. Kebebasan disini berarti siswa bebas mengemukakan hasil berpikirnya sesui dengan kemampuna, kebutuhan, dan juga minatnya, tidak ada paksaan atau aturan yang membuat mereka takut atau terkekang.

    ReplyDelete
  39. Devi Nofriyanti
    17709251041
    S2 P.Mat UNY kelas B 2017

    perjalanan bangsa indonesia untuk menemukan bentuk pendidikannya yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila nampaknya masih cukup jauh. semoga ke depannya pendiikan di negeri kita ini semakin maju diawali dengan kesadaran para pendidik dan tokoh tokoh yang berpengaruh di bidang pendidikan, aamiin.

    ReplyDelete
  40. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Segala bentuk kebijakan dan aturan harus disesuaikan dengan Pancasila, begitu juga dengan pendidikan. Menurut saya pada kurikulum 2013, begitu kentara dengan Pancasila contohnya pada Kompetensi Inti nomor 1, yang menut saya sudah sesuai dengan sila pertama pada Pancasila. Selanjutnya pada kompetensi inti selanjutny yaitu kompetensi inti 2, 3, dan 4 telah menerapkan sila 2 sampai 5. Hal ini akan membuat siswa semakin baik karakternya karena selain belajar dia juga telah menerapkan sila pada Pancasila.

    ReplyDelete