Nov 8, 2014

Peta 1 - Peta Pendidikan Dunia _ Dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 1).

Catatan: Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Tetapi bentuk dari Sistem Pendidikan Indonesia mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu : Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis, yang merupakan representasi Dunia Kontemporer atau Power Now; kenapa?, karena baru hanya sampai di situlah kemampuan kita dibanding dengan Dunia Kontemporer, sehingga tidak ada jalan lain bagi Indonesia kecuali menapaki jalan setapak mereka untuk menuju masa depan. Itulah pernah diwaktu yang lampu Pendidikan Dasar diarahkan menuju Back to Basic (tak usah macam-macam, anak SD yang penting cukup bisa Baca, Tulis, dan Hitung). Tiga Kolom kiri, mengimplementasikan Pendidikan sebagai Tradisional/Konvensional, sentralistik dan mendefinisikan Subjek Ilmu sebagai Body of Knowledge, Science of Truth dan Structure of Truth, dan ini sejalan/selaras dengan dunianya para Ilmuwan Dasar (Basic Science) yang bersifat Formal seperti Matematika Murni, Fisika Murni, Biologi Murni dan Kimia Murni, yang kemudian mereka diangkat menjadi Anak Emas nya Power Now untuk eksploitasi Dunia. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism). Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila.

27 comments:

  1. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Benar sekali dengan apa yang disampaikan Pak Marsigit bahwa sebagai bangsa yang demokratis, pembelajaran matematika yang baik untuk bangsa Indonesia agar sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia dalam mewujudkan demokrasi Pancasila adalah dengan cara aktivitas sosial. Selain melakukan pembelajaran dengan metode ceramah, kini siswa juga bisa diajak untuk belajar melalui metode-metode belajar lainnya seperti diskusi dan metode pembelajaran lain. Siswa bisa semakin terlatih dalam mengomunikasikan pendapat matematika dalam setiap kesempatan pembelajaran matematika sehingga pembelajaran yang berlangusng bisa lebih variatif dan lebih bermakna lagi.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  2. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika B

    Saya sependapat dengan pendapat Prof. Marsigit diatas yang menyatakan bahwa Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Saya pun merasakan bagaimana saya meraba-raba ilmu yang saya tekuni. Saat duduk di bangku sekolah pun saya merasakan bahwa mengerti baca, tulis, hitung sudah cukup untuk dipelajari. Saat saya berdiskusi dengan beberapa rekan yang pernah merasakan menimba ilmu di luar Indonesia, mereka mengatakan bahwa pendidikan yang mereka lakoni begitu terarah. Mereka mengerti goal apa yang ingin didapatkan saat selesai belajar meskipun baru menginjak grade pertama. Hal tersebut membuat saya merenung, di tingkat pendidikan saya saat ini saya harus menetukan tujuan pendidikan dan hidup saya supaya pendidikan yang telah saya lalui dapat membentuk dan mengarahkan kemana hidup saya akan berjalan. Peta pendidikan diatas mengindikasikan bahwa pendidikan di Indonesia masih tertinggal jauh dengan negara lainnya. Masih banyak system pendidikan yang harus dibenahi supaya mendapatkan system pendidikan yang berkualitas dan beridentitas, salah satunya yaitu menentukan bentuk dan arah pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Peta di atas menunjukkan bahwa kondisi pendidikan di Indonesia meliputi pendidikan politik, matematika dan nilai moral di mana ketiga bagian pendidikan ini berhubungan dengan lima aspek dalam perkembangan dunia yaitu industrial trainer, technology pragmatist, old humanist, progressive educator dan public educator. Kondisi pendidikan Indonesia dalam bidang Matematika meliputi Body of knowledge, science of truth, structure of truth, Process of thinking dan social activities. Pendidikan Matematika di sekolah lebih menekankan pada bagaimana proses berpikir dan aktivitas sosialnya. Pendidikan kedepan akan diarahkan untuk mencapai cita-cita bangsa yaitu demokrasi pendidikan dimana peserta didik memiliki kebebesan untuk memilih pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Pendidikan yang baik nantinya membawa kehidupan yang baik pula pada suatu bangsa.

    ReplyDelete
  4. Rosi anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Seperti yang bapak sampaikan bahwa Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke Politik Demokrasi sebagai starting pointnya. Demokrasi di Indonesia mengarah pada nilai-nilai pancasila yang merupakan hasil dari kebijakan reformasi yang dijalankan terhadap hampir semua aspek kehidupan masyarakat dan negara.

    ReplyDelete
  5. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Pada peta pendidikan di atas menggambarkan perkembangan pendidikan dari mulai industrial trainer, technological pragmatise, old humanis, progress educator, public educator. Namun, telah dijelaskan bahwa kondisi pendidikan di Indonesia masih berada pada 3 level sebelah kiri. Indonesia masih mendefinisikan matematika pada khususnya sebagai body of knowledge, science of truth, dan structre of truth. Sehingga matematika yang diajarkan di sekolah dilakukan dengan pemberian konsep secara langsung tidak ada proses mengkonstruk konsep. Tetapi, saat ini tidak dipungkiri para stakeholder pendidikan sedang berupaya sekuat tenaga untuk menggeser pendidikan ke arah pendidikan demokratis atau dalam peta ini disebut public educator. Semoga apa yang diupayakan baik pemerintah maupun guru dan siswa dapat menjadi pendidikan di Indonesia semakin berkualitas.

    ReplyDelete
  6. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dari Peta 1 ini, pendidikan di Indonesia memang masih dalam proses menemukan jati dirinya, hal ini dibuktikan dengan kurikulum yang masih berganti-ganti. Dilihat politics, mathematics dan moral value, pendidikan di Indonesia berandasakan dari lima aspek yaitu industrial trainer, technological pragmatism, old humanism, progressive educator dan public educator. Matematika yang mendefenisikan subjek ilmu sebagai body of knowledge, science of truth dan structure of truth sudah sejalan dengan basic science atau dunia kontemporer. Namun dalam praktik politiknya pendidikan indonesia masih banyak dipengaruhi dengan nilai hedonisme, capitalirm dll. Idealnya, Indonesia yang telah menganut paham demokrasi yang menjunjung tinggi keadilan dan hak setiap orang sudah seharusnya semua orang mendapatkan pendidikan yang layak yang sesuai dengan jati diri bangsa kita.

    ReplyDelete
  7. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Seperti yang telah digambarkan di atas bahwa perkembangan pendidikan di indonesia mencakup tiga hal yaitu industrial trainer, technological pragmatise dan old humanis. Pendidikan di indonesia masih terus berusaha untuk berkembang dimana sekarang jamannya adalah jaman teknologi 4.0 yang diharapkan teknologi mampu menjadi manfaat yang baik dalam dunia pendidikan yang implementasinya ke dalam proses pembelajaran di kelas. Masalah-masalah lain yang masih di hadapi baik dari segi kualitas pengajar, hak atas pendidikan, kurikulum dan sebagainya menjadi acuan atau tolak ukur agar bangsa memiliki masa depan yang lebih baik, akrena tolak ukur bangsa dikatakan maju salah satunya adalaha dari segi pendidikan.

    ReplyDelete
  8. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Seperti yang telah diungkapkan di bacaan di atas, semestinya pendidikan kita menganut ideologi yang sesuai dengan falsafah bangsa kita,yaitu publik educator. Berbagai upaya telah dilakukan, baik dari sistem hingga praktik di lapangan untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Perubahan paradigma pembelajaran menuju pembelajaran inovatif pun tengah diupayakan. Namun, dalam kenyataannya tidak mudah untuk dapat melakukan inovasi pembelajaran. Terdapat berbagai permasalahan yang membuat kita sulit untuk benar-benar menunjung tinggi falsafah bangsa. Hal ini membuat kita hampir kehilangan jati diri bangsa kita sendiri.

    ReplyDelete
  9. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Matematika dipandang sebagai proses berpikir oleh Progressive teacher. Hal ini mungkin dikarenakan matematika memiliki alur berpikir dalam penyelesaian setiap masalah. Begitu pula, kita bisa menerapkan ini pada matematika dewasa. Orang dewasa diminta untuk memperlihatkan proses berpikir ketika menyelesaikan masalah.

    ReplyDelete
  10. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat pagi Prof.
    Benar adanya jika kitakan pendidikan di Indonesia masih dalam tahap pencarian bentuk. Mencari bentuk artinya pendidikan Indonesia dalam proses untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas. Proses artinya kita berusaha mencari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pendidikan di Indonesia. Proses ini terkadang membatasi konsep pendidikan di Indonesia sendiri. Proses yang ada lebih dimanfaatkan untuk mengejar ketertinggalan kualitas pendidikan di negara lainnya. Artinya adanya suatu tujuan untuk dapat bersaing di kanca Internasional. Dalam kasus ini, sangat baik ketika Indonesia ingin bersaing di kanca Internasional. Hal yang perlu diperhatikan adalah melahirkan ciri khas pendidikan yang dimiliki Indonesia. Mengapa hal ini diperlukan? Jawabannya sangat sederhana. Indonesia mempelajari beberapa aspek yang dimiliki oleh negara lain. Artinya negara tersebut mempunya keunggulan tersendiri. Saat ini, tibalah saatnya untuk Indonesia menciptakan inovasi pendidikan sehingga menjadi standar di kanca Internasional. Terima kasih.

    ReplyDelete
  11. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dari gambaran di atas dalam peta pendidikan bersumber dari Paul Ernest lebih cenderung membahas mengenai 5 ideologi matematika yang dihubungan dengan kelompok sosial yaitu kelompok industrial trainers, technical pragmatist, old humanist, progressive educator, dan public educator. Dalam progressive educator, siswa dipandang sebagai makhluk sosial yang aktif. Disinilah peran guru sebagai progressive educator yang baik. Maka dari itu, dalam pembalajaran hendaknya guru mendorong siswa untuk menjadi aktif dan menjadi fasilitator pembelajaran yang baik, salah satunya dengan memudahkan pembelajran matematika dengan kaitannya dalam kehidupan nyata

    ReplyDelete
  12. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    "Sistem Pendidikan Indonesia mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu : Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis" disini saya akan menjelaskan apa itu industrial trainer, apa itu technological pragmatis, dan aoa itu old humanis

    ReplyDelete
  13. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Industrial Trainer adalah program pengembangan yang direncanakan akan memberikan manfaat kepada orang berupa peningkatan produktifitas, peningkatan moral, pengurangan biaya , dan stabilitas serta keluwesan (fleksibilitas) orang yang makin besar untuk menyesuaikan diri dengan persyaratan-persyararatan eksternal yang berubah.
    Program semacam itu juga akan membantu memenuhi kebutuhan seseorang dalam kelangsungan kehidupannya.

    ReplyDelete
  14. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Power now dapat diibaratkan dengan negara adigdaya atau negara maju yang berkembang pesat. Saat ini Indonesia masih menjadi negara berkembang yang artinya untuk mengembangkan potensinya, Indonesia berkiblat pada negara maju. Mau tidak mau, Indonesia akan mengikuti jejak negara maju. Dalam hal ini jelas sekali akan ada dampak positif dan dampak negatif yang akan timbul. Semua sektor/bidang kehidupan akan terkena dampaknya, tak terkecuali bidang pendidikan. sebenarnya disinilah peran sistem pendidikan Indonesia diuji. Apabila sistem pendidikan mampu membangun dan menyesuaikan dengan karakter Indonesia maka dampak negatif yang muncul dapat diminimalisirkan.

    ReplyDelete
  15. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Sistem pendidikan di Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Namun setidaknya bentuk dari sistem pendidikan di Indonesia mengarah kepada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis yang merupakan representasi dari dunia kontemporer. Tidak ada yang salah memang dengan ketiga bentuk sistem yang mungkin sedang diarah oleh bangsa Indonesia karena bangsa kita sedang belajar dan mencari bentuk. Tidak ada yang salah saat belajar bukan? Jika toh mungkin sistem tersebut tidak cocok dengan kepribadian bangsa Indonesia maka jangan ragu untuk kembali dan mencari sistem dan bentuk yang lebih sesuai dengan kepribadian bangsa yaitu menuju Politik Demokrasi

    ReplyDelete
  16. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Di sebutkan bahwa Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Dalam pendidikan sendiri kita masih berganti-ganti seperti mencari jati diri. Dari dulu pernah menggunakan kurikulum KBK, KTSP, dan kini berubah menjadi kurikulum 2013 yang identic dengan pendekatan saintifik. Dari berbagai perubahan tersebut semoga menjadikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dan dapat memfasilitasi siswa dengan maksimal.

    ReplyDelete
  17. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Peta pendidikan yang menggambarkan keadaan pendidikan Indonesia yang masih perlu dikembangkan. Hal ini dikarenakan sistem pendidikan di Indonesia yang masih menjadi bangsa mencari bentuk. Hal ini juga menjadi motivasi bagi tenaga pendidik untuk selalu berinovasi, kreatif, kritis terhadap pendidikan Indonesia ke depan sehingga dapat mengembangkan pendidikan Indonesia menjadi lebih maju dan baik lagi.

    ReplyDelete
  18. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Paul Ernest pendidikan dunia ini dikelompokan menjadi lima kelompok yaitu industrial trainer, pragmatism, old humanism, progressive educator, dan public educator. Dari pemetaan tentang pendidikan tersebut, ternyata pendidikan dapat dipetakan menjadi beberapa bagian yaitu politics, mathematics dan moral value. Pragmatism berpaham politik konservatif, old humanist berpaham politik konservatif/liberal, progressive educator berpaham politik liberal, dan educator berpaham politik demokrasi dalam pembelajarannya. Industrial Trainer memandang matematika sebagai inti dari pengetahuan dan nilai moral baik-buruk. Technological pragmatism memandang matematika sebagai ilmu kebenaran dan nilai moralnya adalah pragmatisme. Matematika adalah struktur kebenaran pada old humanist. Old humanist juga menjadikan paternalistik sebagai nilai moralnya. Porgressive educator memandang matematika sebagai proses berpikir dan humanis sebagai nilai moralnya. Matematika juga dipandang sebagai aktifitas sosial pada public educator dan hukum juga kebebasan menjadi nilai moralnya. Menurut saya, pembelajaran matematika yang ideal adalah pada public educator, dimana siswa akan menjadi bebas berekspresi, guru menganut paham demokrasi, dan jiwa sosial siswa menjadi semakin berkembang.

    ReplyDelete
  19. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Tabel ini menunjukkan hubungan antara pelatih Industri, Pragmatisme teknologi, humanis Old, Progressive Educator, Educator Umum dengan politik, matematika, dan nilai moral. Menurut pendapat saya, hubungan terbaik ada jika pendidik publik yang terkait dengan nilai-nilai moral. Ini akan berdampak pada keadilan dan kebebasan.

    ReplyDelete
  20. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Dan pernah diwaktu yang lampu Pendidikan Dasar diarahkan menuju Back to Basic (tak usah macam-macam, anak SD yang penting cukup bisa Baca, Tulis, dan Hitung). Semoga bangsa Indonesia segera menemukan bentuk sistem pendidikannya yang sesuai dengan kondisi dan dapat digunakan untuk perbaikan ke depan.

    ReplyDelete
  21. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Saya setuju dengan pendapat Bapak bahwa "Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaimana tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila". Indonesia merupakan negara multikultural dengan kriteria masyarakat yang berbeda-beda. Jangankan antar pulau, dalam satu pulau pun antara daerah satu dengan lainnya memiliki karakter masyarakat yang berbeda. Jika Indonesia masih menerapkan sentralisasi, kemungkinan besar antar pulau dan antar daerah akan ada kesenjangan dalam berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan, jadi daerah kota atau pusat akan semakin maju dan daerah tertinggal akan semakin tertinggal.

    ReplyDelete
  22. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Demokrasi pancasila merupakan cita-cita sekaligus jati diri bangsa Indonesia. Indonesia menjunjung tinggi demokrasi pancasila. Oleh karena itu, sudah selayaknya dalam segala bidang berupaya untuk mencapainya, termasuk dalam bidang pendidikan. Namun pada kenyataanya, pendidikan di Indonesia masih jauh dari pendidikan demokrasi. Pendidikan di Indonesia justru lebih dekat ke arah industrial trainer, technological pragmatis dan old humanis. Hal tersebut karena Indonesia masih terkena pengaruh dunia luar, khususnya dunia barat. Untuk dapat mewujudkan pendidikan yang berlandaskan demokrasi pancasila, Indonesia harus menengok kedalam diri sendiri dan berupaya untuk menjadikan jati diri bangsa sebagai landasan dalam penyelenggaraan pendidikan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  23. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Bila dikatakan pendidikan di Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk, ya mungkin bisa dikatakan seperti itu. Seiring berjalannya wakut dalam mencari bentuk, Indonesia terus berusaha memperbaiki segala tatanan sistem pendidikan. Sepertinya hal ini tercermin dari upaya pelaksanaan pembelajaran menuju ranah yang lebih inovatif. Aedikit demi sedikit meninggalkan model pembelajaran masa orang tua dulu atau tradisional, dalam hal ini pembelajaran yang dulu bukan berarti tidak baik nyatanya mampu mengahsilkan banyak orang sukses. Pembelajaran saat ini pun menekankan pada student centered. Adanya impelemntasi kurikulum 2013 semoga menajdi langkah awal yang baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  24. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Sejalan dengan tujuan pendidikan Indonesia yang berdasarkan demokrasi pancasila, pada peta ini progresive educator kaitannya dengan pendidikan matematika seyogyanya proses belajar matematika memperhatikan proses berpikir siswa bukan hanya sekedar hasil atau prestasi belajar yang diperoleh siswa. Selain itu pembelajaran matematika juga disarankan menggunakan metode atau pendekatan pembelajaran yang humanis agar siswa merasa nyaman dan senang dalam belajar. Terimakasih

    ReplyDelete
  25. Lumaurridlo
    18701261010
    S3-PEP 2018


    sungguh sedih ketika matematika dijadikan anak emas oleh powernow, padahal ini menjadi pelajaran wajib di jenjang pendidikan dasar dan menengah. atau mungkin apakah ini adalah setingan dari powernow? semoga saja tidak, kalau memang arah dari pendidikan nasional kita berada di kolompaling kanan. semoga ini menjadi benteng yang kokoh dalam menghadapi serangan dan bisa melindungi warga yang berada di dalamnya.

    ReplyDelete
  26. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Menurut Paul Ernest, era pendidikan dunia dibagi menjadi 5 era, era industrial trainer, technological pragmative, old humanism, progressive educator, dan public educator. Kelima era ini di sini dapat ditinjau dari segi politik, matematika, dan nilai moral yang ada. Dilihat dari segi perkembangan matematika, matematika di berkembangan dari matematika sebagai body of knowledge, science of truth, structure of truth, process of thinking, dan social activities. Pada era konteporer dunia pendidikan di indonesia dapat mencapai pada 3 era yaitu Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism).

    ReplyDelete
  27. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila. Proses dimana 5 era merupakan proses dalam dunia pendidikan berlangsung, dengan jalanyang ditempuh merupakan jalan panjang karena pendidikan itu adalah proses, dan tidak bisa diharilkan dengan jangka pendek harus berkesinambungan untuk menuju indonesia emas. dalam mengubah pendidikan yang ada di Indonesia harus melalui proses yang panjang,karena pendidikan itu merupakan hal yang kompleks, dari pembangunan, administrasi, pelaku dan pembelajar pendidikan.

    ReplyDelete