Nov 8, 2014

Peta 1 - Peta Pendidikan Dunia _ Dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 1).

Catatan: Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Tetapi bentuk dari Sistem Pendidikan Indonesia mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu : Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis, yang merupakan representasi Dunia Kontemporer atau Power Now; kenapa?, karena baru hanya sampai di situlah kemampuan kita dibanding dengan Dunia Kontemporer, sehingga tidak ada jalan lain bagi Indonesia kecuali menapaki jalan setapak mereka untuk menuju masa depan. Itulah pernah diwaktu yang lampu Pendidikan Dasar diarahkan menuju Back to Basic (tak usah macam-macam, anak SD yang penting cukup bisa Baca, Tulis, dan Hitung). Tiga Kolom kiri, mengimplementasikan Pendidikan sebagai Tradisional/Konvensional, sentralistik dan mendefinisikan Subjek Ilmu sebagai Body of Knowledge, Science of Truth dan Structure of Truth, dan ini sejalan/selaras dengan dunianya para Ilmuwan Dasar (Basic Science) yang bersifat Formal seperti Matematika Murni, Fisika Murni, Biologi Murni dan Kimia Murni, yang kemudian mereka diangkat menjadi Anak Emas nya Power Now untuk eksploitasi Dunia. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism). Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila.

2 comments:

  1. Ada baiknya bahwa pendidikan Indonesia tidak menganut satu model secara mutlak. Justru dengan demikian, pendidikan Indonesia bisa menggunakan beberapa aspek yang sesuai dari model-model yang berbeda. Siapa tahu dari sana kemudian akan muncul model pendidikan tersendiri yang unik dan lahir dari budaya Indonesia sendiri.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  2. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Sebagai guru, saya merasa terinspirasi oleh pemikiran Paul Ernest yang memandang bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang berorientasi pada siswa. Siswa diberikan kebebasan untuk membentuk pengetahuannya sendiri. Guru berperan sebagai fasilitator untuk memberikan konfirmasi kepada pemahaman siswa. Siswa dapat menggunakan segala sumber belajar termasuk internet untuk mendukung proses belajarnya.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.