Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan
di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita
dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 1).
Catatan: Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Tetapi bentuk dari Sistem Pendidikan Indonesia mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu : Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis, yang merupakan representasi Dunia Kontemporer atau Power Now; kenapa?, karena baru hanya sampai di situlah kemampuan kita dibanding dengan Dunia Kontemporer, sehingga tidak ada jalan lain bagi Indonesia kecuali menapaki jalan setapak mereka untuk menuju masa depan. Itulah pernah diwaktu yang lampu Pendidikan Dasar diarahkan menuju Back to Basic (tak usah macam-macam, anak SD yang penting cukup bisa Baca, Tulis, dan Hitung). Tiga Kolom kiri, mengimplementasikan Pendidikan sebagai Tradisional/Konvensional, sentralistik dan mendefinisikan Subjek Ilmu sebagai Body of Knowledge, Science of Truth dan Structure of Truth, dan ini sejalan/selaras dengan dunianya para Ilmuwan Dasar (Basic Science) yang bersifat Formal seperti Matematika Murni, Fisika Murni, Biologi Murni dan Kimia Murni, yang kemudian mereka diangkat menjadi Anak Emas nya Power Now untuk eksploitasi Dunia. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism). Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila.
Rindang Maaris Aadzaar
ReplyDelete18709251024
S2 Pendidikan Matematika 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Benar sekali dengan apa yang disampaikan Pak Marsigit bahwa sebagai bangsa yang demokratis, pembelajaran matematika yang baik untuk bangsa Indonesia agar sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia dalam mewujudkan demokrasi Pancasila adalah dengan cara aktivitas sosial. Selain melakukan pembelajaran dengan metode ceramah, kini siswa juga bisa diajak untuk belajar melalui metode-metode belajar lainnya seperti diskusi dan metode pembelajaran lain. Siswa bisa semakin terlatih dalam mengomunikasikan pendapat matematika dalam setiap kesempatan pembelajaran matematika sehingga pembelajaran yang berlangusng bisa lebih variatif dan lebih bermakna lagi.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Fany Isti Bigo
ReplyDelete18709251020
PM A PPs UNY 2018
Peta di atas menunjukkan bahwa kondisi pendidikan di Indonesia meliputi pendidikan politik, matematika dan nilai moral di mana ketiga bagian pendidikan ini berhubungan dengan lima aspek dalam perkembangan dunia yaitu industrial trainer, technology pragmatist, old humanist, progressive educator dan public educator. Kondisi pendidikan Indonesia dalam bidang Matematika meliputi Body of knowledge, science of truth, structure of truth, Process of thinking dan social activities. Pendidikan Matematika di sekolah lebih menekankan pada bagaimana proses berpikir dan aktivitas sosialnya. Pendidikan kedepan akan diarahkan untuk mencapai cita-cita bangsa yaitu demokrasi pendidikan dimana peserta didik memiliki kebebesan untuk memilih pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Pendidikan yang baik nantinya membawa kehidupan yang baik pula pada suatu bangsa.
Rosi anista
ReplyDelete18709251040
S2 Pendidikan Matematika B
Assalamualaikum wr wb
Seperti yang bapak sampaikan bahwa Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke Politik Demokrasi sebagai starting pointnya. Demokrasi di Indonesia mengarah pada nilai-nilai pancasila yang merupakan hasil dari kebijakan reformasi yang dijalankan terhadap hampir semua aspek kehidupan masyarakat dan negara.
Aizza Zakkiyatul Fathin
ReplyDelete18709251014
Pps Pendidikan Matematika A
Pada peta pendidikan di atas menggambarkan perkembangan pendidikan dari mulai industrial trainer, technological pragmatise, old humanis, progress educator, public educator. Namun, telah dijelaskan bahwa kondisi pendidikan di Indonesia masih berada pada 3 level sebelah kiri. Indonesia masih mendefinisikan matematika pada khususnya sebagai body of knowledge, science of truth, dan structre of truth. Sehingga matematika yang diajarkan di sekolah dilakukan dengan pemberian konsep secara langsung tidak ada proses mengkonstruk konsep. Tetapi, saat ini tidak dipungkiri para stakeholder pendidikan sedang berupaya sekuat tenaga untuk menggeser pendidikan ke arah pendidikan demokratis atau dalam peta ini disebut public educator. Semoga apa yang diupayakan baik pemerintah maupun guru dan siswa dapat menjadi pendidikan di Indonesia semakin berkualitas.
Surya Shofiyana Sukarman
ReplyDelete18709251017
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Dari Peta 1 ini, pendidikan di Indonesia memang masih dalam proses menemukan jati dirinya, hal ini dibuktikan dengan kurikulum yang masih berganti-ganti. Dilihat politics, mathematics dan moral value, pendidikan di Indonesia berandasakan dari lima aspek yaitu industrial trainer, technological pragmatism, old humanism, progressive educator dan public educator. Matematika yang mendefenisikan subjek ilmu sebagai body of knowledge, science of truth dan structure of truth sudah sejalan dengan basic science atau dunia kontemporer. Namun dalam praktik politiknya pendidikan indonesia masih banyak dipengaruhi dengan nilai hedonisme, capitalirm dll. Idealnya, Indonesia yang telah menganut paham demokrasi yang menjunjung tinggi keadilan dan hak setiap orang sudah seharusnya semua orang mendapatkan pendidikan yang layak yang sesuai dengan jati diri bangsa kita.
Dini Arrum Putri
ReplyDelete18709251003
S2 P Math A 2018
Seperti yang telah digambarkan di atas bahwa perkembangan pendidikan di indonesia mencakup tiga hal yaitu industrial trainer, technological pragmatise dan old humanis. Pendidikan di indonesia masih terus berusaha untuk berkembang dimana sekarang jamannya adalah jaman teknologi 4.0 yang diharapkan teknologi mampu menjadi manfaat yang baik dalam dunia pendidikan yang implementasinya ke dalam proses pembelajaran di kelas. Masalah-masalah lain yang masih di hadapi baik dari segi kualitas pengajar, hak atas pendidikan, kurikulum dan sebagainya menjadi acuan atau tolak ukur agar bangsa memiliki masa depan yang lebih baik, akrena tolak ukur bangsa dikatakan maju salah satunya adalaha dari segi pendidikan.
Fabri Hidayatullah
ReplyDelete18709251028
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Seperti yang telah diungkapkan di bacaan di atas, semestinya pendidikan kita menganut ideologi yang sesuai dengan falsafah bangsa kita,yaitu publik educator. Berbagai upaya telah dilakukan, baik dari sistem hingga praktik di lapangan untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Perubahan paradigma pembelajaran menuju pembelajaran inovatif pun tengah diupayakan. Namun, dalam kenyataannya tidak mudah untuk dapat melakukan inovasi pembelajaran. Terdapat berbagai permasalahan yang membuat kita sulit untuk benar-benar menunjung tinggi falsafah bangsa. Hal ini membuat kita hampir kehilangan jati diri bangsa kita sendiri.
Bayuk Nusantara Kr.J.T
ReplyDelete18701261006
PEP S3
Matematika dipandang sebagai proses berpikir oleh Progressive teacher. Hal ini mungkin dikarenakan matematika memiliki alur berpikir dalam penyelesaian setiap masalah. Begitu pula, kita bisa menerapkan ini pada matematika dewasa. Orang dewasa diminta untuk memperlihatkan proses berpikir ketika menyelesaikan masalah.
Totok Victor Didik Saputro
ReplyDelete18709251002
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Selamat pagi Prof.
Benar adanya jika kitakan pendidikan di Indonesia masih dalam tahap pencarian bentuk. Mencari bentuk artinya pendidikan Indonesia dalam proses untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas. Proses artinya kita berusaha mencari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pendidikan di Indonesia. Proses ini terkadang membatasi konsep pendidikan di Indonesia sendiri. Proses yang ada lebih dimanfaatkan untuk mengejar ketertinggalan kualitas pendidikan di negara lainnya. Artinya adanya suatu tujuan untuk dapat bersaing di kanca Internasional. Dalam kasus ini, sangat baik ketika Indonesia ingin bersaing di kanca Internasional. Hal yang perlu diperhatikan adalah melahirkan ciri khas pendidikan yang dimiliki Indonesia. Mengapa hal ini diperlukan? Jawabannya sangat sederhana. Indonesia mempelajari beberapa aspek yang dimiliki oleh negara lain. Artinya negara tersebut mempunya keunggulan tersendiri. Saat ini, tibalah saatnya untuk Indonesia menciptakan inovasi pendidikan sehingga menjadi standar di kanca Internasional. Terima kasih.
Amalia Nur Rachman
ReplyDelete18709251042
S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018
Dari gambaran di atas dalam peta pendidikan bersumber dari Paul Ernest lebih cenderung membahas mengenai 5 ideologi matematika yang dihubungan dengan kelompok sosial yaitu kelompok industrial trainers, technical pragmatist, old humanist, progressive educator, dan public educator. Dalam progressive educator, siswa dipandang sebagai makhluk sosial yang aktif. Disinilah peran guru sebagai progressive educator yang baik. Maka dari itu, dalam pembalajaran hendaknya guru mendorong siswa untuk menjadi aktif dan menjadi fasilitator pembelajaran yang baik, salah satunya dengan memudahkan pembelajran matematika dengan kaitannya dalam kehidupan nyata
Darwis Cahyo Nugroho
ReplyDelete18709251038
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamualaikum wr.wb
"Sistem Pendidikan Indonesia mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu : Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis" disini saya akan menjelaskan apa itu industrial trainer, apa itu technological pragmatis, dan aoa itu old humanis
Darwis Cahyo Nugroho
ReplyDelete18709251038
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamualaikum wr.wb
Industrial Trainer adalah program pengembangan yang direncanakan akan memberikan manfaat kepada orang berupa peningkatan produktifitas, peningkatan moral, pengurangan biaya , dan stabilitas serta keluwesan (fleksibilitas) orang yang makin besar untuk menyesuaikan diri dengan persyaratan-persyararatan eksternal yang berubah.
Program semacam itu juga akan membantu memenuhi kebutuhan seseorang dalam kelangsungan kehidupannya.
Tiara Cendekiawaty
ReplyDelete18709251025
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Power now dapat diibaratkan dengan negara adigdaya atau negara maju yang berkembang pesat. Saat ini Indonesia masih menjadi negara berkembang yang artinya untuk mengembangkan potensinya, Indonesia berkiblat pada negara maju. Mau tidak mau, Indonesia akan mengikuti jejak negara maju. Dalam hal ini jelas sekali akan ada dampak positif dan dampak negatif yang akan timbul. Semua sektor/bidang kehidupan akan terkena dampaknya, tak terkecuali bidang pendidikan. sebenarnya disinilah peran sistem pendidikan Indonesia diuji. Apabila sistem pendidikan mampu membangun dan menyesuaikan dengan karakter Indonesia maka dampak negatif yang muncul dapat diminimalisirkan.
Eka Puspita Sari
ReplyDelete18709251035
S2 PM B 2018
Sistem pendidikan di Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Namun setidaknya bentuk dari sistem pendidikan di Indonesia mengarah kepada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis yang merupakan representasi dari dunia kontemporer. Tidak ada yang salah memang dengan ketiga bentuk sistem yang mungkin sedang diarah oleh bangsa Indonesia karena bangsa kita sedang belajar dan mencari bentuk. Tidak ada yang salah saat belajar bukan? Jika toh mungkin sistem tersebut tidak cocok dengan kepribadian bangsa Indonesia maka jangan ragu untuk kembali dan mencari sistem dan bentuk yang lebih sesuai dengan kepribadian bangsa yaitu menuju Politik Demokrasi
Umi Arismawati
ReplyDelete18709251037
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamu'alaikum, wr, wb.
Di sebutkan bahwa Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Dalam pendidikan sendiri kita masih berganti-ganti seperti mencari jati diri. Dari dulu pernah menggunakan kurikulum KBK, KTSP, dan kini berubah menjadi kurikulum 2013 yang identic dengan pendekatan saintifik. Dari berbagai perubahan tersebut semoga menjadikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dan dapat memfasilitasi siswa dengan maksimal.
Yoga Prasetya
ReplyDelete18709251011
S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
Peta pendidikan yang menggambarkan keadaan pendidikan Indonesia yang masih perlu dikembangkan. Hal ini dikarenakan sistem pendidikan di Indonesia yang masih menjadi bangsa mencari bentuk. Hal ini juga menjadi motivasi bagi tenaga pendidik untuk selalu berinovasi, kreatif, kritis terhadap pendidikan Indonesia ke depan sehingga dapat mengembangkan pendidikan Indonesia menjadi lebih maju dan baik lagi.
Hasmiwati
ReplyDelete18709251023
S2 Pend.Matematika B 2018
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Paul Ernest pendidikan dunia ini dikelompokan menjadi lima kelompok yaitu industrial trainer, pragmatism, old humanism, progressive educator, dan public educator. Dari pemetaan tentang pendidikan tersebut, ternyata pendidikan dapat dipetakan menjadi beberapa bagian yaitu politics, mathematics dan moral value. Pragmatism berpaham politik konservatif, old humanist berpaham politik konservatif/liberal, progressive educator berpaham politik liberal, dan educator berpaham politik demokrasi dalam pembelajarannya. Industrial Trainer memandang matematika sebagai inti dari pengetahuan dan nilai moral baik-buruk. Technological pragmatism memandang matematika sebagai ilmu kebenaran dan nilai moralnya adalah pragmatisme. Matematika adalah struktur kebenaran pada old humanist. Old humanist juga menjadikan paternalistik sebagai nilai moralnya. Porgressive educator memandang matematika sebagai proses berpikir dan humanis sebagai nilai moralnya. Matematika juga dipandang sebagai aktifitas sosial pada public educator dan hukum juga kebebasan menjadi nilai moralnya. Menurut saya, pembelajaran matematika yang ideal adalah pada public educator, dimana siswa akan menjadi bebas berekspresi, guru menganut paham demokrasi, dan jiwa sosial siswa menjadi semakin berkembang.
Hasmiwati
ReplyDelete18709251023
S2 Pend.Matematika B 2018
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Tabel ini menunjukkan hubungan antara pelatih Industri, Pragmatisme teknologi, humanis Old, Progressive Educator, Educator Umum dengan politik, matematika, dan nilai moral. Menurut pendapat saya, hubungan terbaik ada jika pendidik publik yang terkait dengan nilai-nilai moral. Ini akan berdampak pada keadilan dan kebebasan.
Hasmiwati
ReplyDelete18709251023
S2 Pend.Matematika B 2018
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Dan pernah diwaktu yang lampu Pendidikan Dasar diarahkan menuju Back to Basic (tak usah macam-macam, anak SD yang penting cukup bisa Baca, Tulis, dan Hitung). Semoga bangsa Indonesia segera menemukan bentuk sistem pendidikannya yang sesuai dengan kondisi dan dapat digunakan untuk perbaikan ke depan.
Hasmiwati
ReplyDelete18709251023
S2 Pend.Matematika B 2018
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Saya setuju dengan pendapat Bapak bahwa "Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaimana tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila". Indonesia merupakan negara multikultural dengan kriteria masyarakat yang berbeda-beda. Jangankan antar pulau, dalam satu pulau pun antara daerah satu dengan lainnya memiliki karakter masyarakat yang berbeda. Jika Indonesia masih menerapkan sentralisasi, kemungkinan besar antar pulau dan antar daerah akan ada kesenjangan dalam berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan, jadi daerah kota atau pusat akan semakin maju dan daerah tertinggal akan semakin tertinggal.
Endah Kusrini
ReplyDelete18709251015
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Demokrasi pancasila merupakan cita-cita sekaligus jati diri bangsa Indonesia. Indonesia menjunjung tinggi demokrasi pancasila. Oleh karena itu, sudah selayaknya dalam segala bidang berupaya untuk mencapainya, termasuk dalam bidang pendidikan. Namun pada kenyataanya, pendidikan di Indonesia masih jauh dari pendidikan demokrasi. Pendidikan di Indonesia justru lebih dekat ke arah industrial trainer, technological pragmatis dan old humanis. Hal tersebut karena Indonesia masih terkena pengaruh dunia luar, khususnya dunia barat. Untuk dapat mewujudkan pendidikan yang berlandaskan demokrasi pancasila, Indonesia harus menengok kedalam diri sendiri dan berupaya untuk menjadikan jati diri bangsa sebagai landasan dalam penyelenggaraan pendidikan. Terima kasih.
Dita Aldila Krisma
ReplyDelete18709251012
PPs Pendidikan Matematika A 2018
Bila dikatakan pendidikan di Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk, ya mungkin bisa dikatakan seperti itu. Seiring berjalannya wakut dalam mencari bentuk, Indonesia terus berusaha memperbaiki segala tatanan sistem pendidikan. Sepertinya hal ini tercermin dari upaya pelaksanaan pembelajaran menuju ranah yang lebih inovatif. Aedikit demi sedikit meninggalkan model pembelajaran masa orang tua dulu atau tradisional, dalam hal ini pembelajaran yang dulu bukan berarti tidak baik nyatanya mampu mengahsilkan banyak orang sukses. Pembelajaran saat ini pun menekankan pada student centered. Adanya impelemntasi kurikulum 2013 semoga menajdi langkah awal yang baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Nur Afni
ReplyDelete18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Sejalan dengan tujuan pendidikan Indonesia yang berdasarkan demokrasi pancasila, pada peta ini progresive educator kaitannya dengan pendidikan matematika seyogyanya proses belajar matematika memperhatikan proses berpikir siswa bukan hanya sekedar hasil atau prestasi belajar yang diperoleh siswa. Selain itu pembelajaran matematika juga disarankan menggunakan metode atau pendekatan pembelajaran yang humanis agar siswa merasa nyaman dan senang dalam belajar. Terimakasih
Lumaurridlo
ReplyDelete18701261010
S3-PEP 2018
sungguh sedih ketika matematika dijadikan anak emas oleh powernow, padahal ini menjadi pelajaran wajib di jenjang pendidikan dasar dan menengah. atau mungkin apakah ini adalah setingan dari powernow? semoga saja tidak, kalau memang arah dari pendidikan nasional kita berada di kolompaling kanan. semoga ini menjadi benteng yang kokoh dalam menghadapi serangan dan bisa melindungi warga yang berada di dalamnya.
Diana Prastiwi
ReplyDelete18709251004
S2 P. Mat A 2018
Menurut Paul Ernest, era pendidikan dunia dibagi menjadi 5 era, era industrial trainer, technological pragmative, old humanism, progressive educator, dan public educator. Kelima era ini di sini dapat ditinjau dari segi politik, matematika, dan nilai moral yang ada. Dilihat dari segi perkembangan matematika, matematika di berkembangan dari matematika sebagai body of knowledge, science of truth, structure of truth, process of thinking, dan social activities. Pada era konteporer dunia pendidikan di indonesia dapat mencapai pada 3 era yaitu Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism).
Diana Prastiwi
ReplyDelete18709251004
S2 P. Mat A 2018
Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila. Proses dimana 5 era merupakan proses dalam dunia pendidikan berlangsung, dengan jalanyang ditempuh merupakan jalan panjang karena pendidikan itu adalah proses, dan tidak bisa diharilkan dengan jangka pendek harus berkesinambungan untuk menuju indonesia emas. dalam mengubah pendidikan yang ada di Indonesia harus melalui proses yang panjang,karena pendidikan itu merupakan hal yang kompleks, dari pembangunan, administrasi, pelaku dan pembelajar pendidikan.
Assalamualaikum wr. wb
ReplyDeleteNovi Indriyani Kones
19701251002
PEP S2 2019
Dalam artikel ini, saya setuju dengan pernyataan Prof Marsigit terkait bentuk pendidikan di Indonesia yang belum jelas. Betul kiranya bahwa Indonesia masih mementingkan beberapa ilmu pengetahuan seperti contohnya ilmu science, padahal ilmu-ilmu yang lain juga penting. Pada akhirnya, indonesia dibawah naungan pancasila sehingga pendidikan pun tetap harus berada pada naungan pancasila yang maknanya untuk seluruh aspek kehidupan sehingga pendidikan indonesia tidak melebar kemana mana dan bentuknya jelas.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum wr. wb
Rizki Nisa Setyowati
ReplyDelete19701251013
PEP S2 A 2019
Dalam konteks peta pendidikan dunia, pendidikan Indonesia saat ini masih berfokus pada usaha mengejar ketertinggalan dari pendidikan global terutama dalam basic science, terlihat dari usaha Indonesia meningkatkan mutu pendidikan berorientasi siswa dengan kecakapan berpikir baik, walaupun sedikit demi sedikit mulai berjalan ke arah pembangunan manusia dengan mulai dirintisnya konsep pendidikan moral dan pendidikan karakter. Demikian, benar jika dikatakan bahwa pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas karena Indonesia masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Mencari adalah sebuah proses. Artinya pendidikan Indonesia sedang berproses, sedang berupaya mencapai bentuk pendidikan yang benar-benar sesuai dengan tujuan pendidikan yaitu membebaskan manusia dan berdasar pada falsafah negara yaitu Pancasila.
Ahmad Syajili
ReplyDelete19709251066
S2 PM D 2019
Berdasarkan tabel dan penjelasan Pak Prof. saya bisa mempelajari bagaimana kondisi pendidikan di dunia serta berada di posisi mana pendidikan Indonesia saat ini. Disini saya tertarik dengan “progressive educator” dan “public educator”, dimana mendefenisikan subjek ilmu matematika sebagai “process of thinking” (proses berpikir) dan “social activities” (aktivitas sosial).
Menurut saya, wajar saja jika progressive educator dan public educator ini kemudian menggambarkan usaha untuk menginovasi pendidikan ke arah pembelajaran yang berpusat kepada siswa, karena memang berlandaskan pada proses berpikir dan aktivitas sosial.
sintha fardu anggraeni
ReplyDelete19709251071
S2 pendidikan matematika /D
terimakasih Bapak Prof Marsigit.
Seorang ada suara dalam hati apakah Indonesia tidak dapat membuat sisten pendidikan sesuai alam dan kebutuhan pendidikan yang sepenting yakin dan pasti sesuai jati diri, dan selanjutnya dilakukan dengan murni Korskwen sampai kelapisan bawah. Saya kira dapat dilakukan dengan mengumpulkan diskusi para ahli, musyawarah dan setelah baku dilaksanakan dengan ketat.
Hidayatul wafiroh
ReplyDelete19701251010
S2 PEP A 2019
Dari elegi di atas, pendidikan Indonesia masih dalam ranah mencari bentuk. Pendidikan di Indonesia masih mementingkan hasil yang diperoleh dibandingkan dengan proses yang dilakukan untuk memperoleh hasil tersebut. Akibatnya tidak jarang siswa tidak memahami proses dan tidak memahami konsep. Selain itu, mikiran dari SDM pun masih dalam kategori tradisioanal. Pendidik masih berpikiran menghasilkan output yang sama, seperti yang pendidik alami selama di sekolah dahulu. Sehingga akan cenderung menerapkan hal yang sama. Selain itu, kebijakan yang terkadang kurang dikaji dalam pembuatan sistem pendidikan membuat pendidikan kurang optimal. Selain itu sosialisasi yang belum mencangkup keseluruhan kepada pendidik membuat pelaksana sistem kebingungan dan melakasanakan setahu pendidik. Namun, sekarang banyak sekolah yang sudah mulai berbenah, memulai untuk menciptakan pendidikan yang berorientasi kepada siswa.
Mira Amalia Yudhanti
ReplyDelete19701251014
S2 PEP A
Setelah mencoba memahami peta pendidikan dunia di atas dan penjelasannya yang menyebutkna bahwa idealnya pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju kolom yang paling kanan. Karena disana tercantum politik demokrasi sebagai starting poinnya, sebagaimana upaya kita untuk mewujudkan demokrasi pancasila. Oleh karena itu, perlu adanya pembelajaran yang inovativ yang berpusat pada siswa bukan pembelajaran formal yang masih berpusat pada guru.
Annisa Nur Arifah
ReplyDelete18709251058
S2 Pendidikan Matematika C 2018
Pragmatisme adalah aliran filsafat yang mengajarkan bahwa yang benar adalah segala sesuatu yang membuktikan dirinya sebagai yang benar dengan melihat kepada akibat-akibat atau hasilnya yang bermanfaat secara praktis. Tekanan utama pragmatisme dalam pendidikan selalu dilandaskan bahwa subjek didik bukanlah objek, melainkan subjek yang memiliki pengalaman. Setiap subjek didik tidak lain adalah individu yang mengalami sehingga mereka berkembang, serta memiliki insiatif dalam mengatasi problem-problem hidup yang mereka miliki. Dalam pelaksanaannya, pendidikan pragmatisme mengarahkan agar subjek didik saat belajar di sekolah tak berbeda ketika ia berada di luar sekolah.
Annisa Nur Arifah
ReplyDelete18709251058
S2 Pendidikan Matematika C 2018
Humanity adalah kemanusiaan. Kemanusiaan adalah sebuah bentuk akan berbagai macam nilai yang dimana kemudian akan dianut oleh setiap masia yang dimana di dalam sebuah kaitannya akan dilakukan penghubungan dengan sesama manusia yang ada di bumi ini. Humanisasi pendidikan adalah proses pendidikan yang ditujukan untuk pengembangan potensi-potensi peserta didik sebagai manusia seutuhnya, yang dilakukan secara manusiawi (memanusiakan rnanusia), sehingga peserta didik dapat berkembang baik menuju kearah kesempurnaan.
Annisa Nur Arifah
ReplyDelete18709251058
S2 Pendidikan Matematika C 2018
Liberalisme pendidikan adalah sebuah ideologi yang memiliki pemahaman secara bebas dari liberalisme itu sendiri yang dicirikan oleh kebebasan berfikir bagi para individu. Dalam kebudayaan kita masa ini, liberalisme pendidikan pada intinya merupakan sebuah cabang pertumbuhan dari sudut pandang empiris, berkembang dari sikap filosofis yang disebut eksperimentalisme, yang menaati gagasan bahwa nilai tertinggi kebahagiaan, perwujudan diri ataupun juga secara fundamental merupakan keluaran sampingan yang praktis yakni, kemampuan untuk menjadi seilmiah mungkin dalam hal bagaimana orang berfikir dan apa yang diinginkannya.
Tiara Wahyu Anggraini
ReplyDelete19709251065
S2 Pendidikan Matematika D 2019
Keadaan pendidikan Indonesia yang mulanya mencirikan pada tiga kolom sebelah kiri dan sekarang pendidikan Indonesia sudah mulai menuju pada dua kolom sebelah kanan. Hal tersebut dapat dilihat dari perubahan-perubahan kurikulum yang terjadi. Mulanya pembelajaran di Indonesia lebih berorientasi pada guru, namun adanya perubahan kurikulum yaitu kurikulum 2013, pembelajaran sekarang mulai berubah menuju pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas siswa.
Fitria Restu Astuti
ReplyDelete19709251069
S-2 Pendidikan Matematika D 2019
Hal menarik yang saya perhatikan di sini bahwa pendidikan di Indonesia belum memiliki bentuk yang pasti. Melalui kurikulum 2013 pemerintah mengimbau kepada guru-guru di sekolah untuk mengubah pola pembelajaran menjadi student center akan tetapi realita di lapangan menunjukkan masih banyak guru yang belum mampu menerapkan kurikulum 2013 dengan sempurna. Masih ada beberapa guru yang memiliki pola piker yang penting sisw adapat mengerjakan soal dengan benar dan mendapat nilai yang baik di setiap ujiannya. Inilah yang harus diperjuangkan oleh para calon guru di Indonesia agar mampu membawa pelajaran menjadi bermakna.
Sri Ningsih
ReplyDelete19709251064
S2 Pendidikan Matematika kelas D
Saya sepakat dengan pernyataan Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Dapat dilihat dengan terjadinya perubahan kurikulum. Kita masih meraba dan mencoba-coba kurikulum mana yang paling tepat digunakan. Tiap beberapa tahun terus terjadi perubahan tuntutan kepada para pendidik.
Rona Happy Mumpuni
ReplyDelete19709251059
S2 Pendidikan Matematika D
Menurut saya beberapa hal dalam pendidikan di Indonesia masih bersifat pragmatis. Kasus-kasus kecurangan dan kebohongan tersebut mencerminkan mental bangsa yang semakin memprihatinkan. Orientasi pendidikan yang menekankan pada tingkat kelulusan, tingginya nilai akademik, dan kualitas sekolah dengan embel-embel RSBI dan SBI membuat bangsa kita terancam tidak mempunyai generasi yang berkualitas ( untungnya sudah dihapus ). Minimnya pendidikan karakter di Indonesia juga mengakibatkan bangsa ini berjalan tanpa ideologi dengan hilangnya nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang dimiliki tiap-tiap daerah. Pragmatisme pendidikan ini terlihat dari kasus-kasus kecurangan di atas, di mana murid maupun guru berlomba-lomba untuk (hanya) lulus dan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau hanya mendapat pekerjaan.
Dea Armelia
ReplyDelete19709251072
S2 Pendidikan Matematika D 2019
Dari peta pendidikan tersebut pada tulisan ini saya menyoroti bagian public educator memndang moral value dari Keadilan (Justice) dan Kebebasan (freedom)
Salah satu Kualitas moral yang penting adalah keadilan. Konsep lain yang terkait dengan kualitas ini adalah kejujuran (fairness), kesejajaran (equality) dan kesetaraan (equity). Kita harus benar-benar adil dalam berhubungan dengan orang lain. Sebagai contoh jika seorang guru tidak berbuat adil kepada semua siswanya, tentu ia tak akan mampu membantu setiap siswa untuk bertumbuh-kembang sesuai dengan potensi masing-masing. Dalam masyarakat, keadilan berarti bahwa setiap orang dapat menikmati hak asasinya yang mendasar. Setiap individu memiliki hak atas pendidikan yang sama disesuaikan dengan hasrat dan kemampuannya. Karenanya, tidak sepatutnya ada perbedaan dalam pendidikan untuk masyarakat pedesaan dan perkotaan ataupun untuk yang kaya dan miskin. Keadilan juga berarti, keadilan dalam cara bagaimana sumber daya dapat digunakan dan bagaimana kekayaan itu didistribusikan. Tiap-tiap individu harus mampu bertindak sesuai keadilan, tidak dipengaruhi oleh sikap masyarakat memperlakukan kita. Jika ketidakadilan menimpa kita, kita tetap harus mampu menemukan cara untuk mendapatkan keadilan. Ketika menuntut keadilan, kita juga harus memenuhi tanggung jawab untuk memperjuangkan keadilan bagi orang lain.
Dea Armelia
ReplyDelete19709251072
S2 Pendidikan Matematika D 2019
Selanjutnya Kebebasan, kebebasan masih disadari sebagai nilai karena Kebebasan yang ideal itu adalah dengan mengadakan perlindungan terhadap kebebasan tersebut, yakni dengan memberikan ruang yang cukup kepada pelaksanaa kebebasan tersebut. Akan tetapi pelaksanaan kebebasan seseorang yang mana kebebasan merupakan hak individu, slalu berhadapan dengan pelaksanaan kebebasan orang lain. Hal ini berarti bahwa pelaksanaan kebebasan individu tidak boleh mengabaikan pelaksanaan kebebasan individu yang lain.
Puspitarani
ReplyDelete19709251062
S2 Pendidikan Matematika D 2019
Saya setuju dengan Prof. Marsigit bahwa mengenai sistem pendidikan di Indonesia masih dalam tahap mencari jati diri. Kurikulum di Indonesia masih seringkali berubah. Diharapkan sistem pendidikan di Indonesia mampu memberikan inovasi pendidikan yang berorientasi atau berpusat pada siswa, sehingga pembelajaran matematika menjadi lebih bermakna bagi siswa.
Aulia Nur Arivina
ReplyDelete18709251051
S2 Pendidikan Matematika C 2018
Assalamu’alaikum wr.wb.
Berdasarkan peta pendidikan dunia diatas, saya jadi mengetahui bahwa bentuk Sistem Pendidikan Indonesia adalah Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis karena dibandingkan dengan negara lain. Indonesia merupakan negara berkembang yang masih mengimplementasi pendidikan yang konvensional. Semoga Indonesia menjadi negara yang maju dalam berbagai aspek.
Assalamu'alaykum wr wb
ReplyDeleteDwi Kawuryani
19709251061
Pendidikan Matematika S2 D
Sistem pendidikan di Indonesia tidak dapat dikategorikan ke dalam salah satu klasifikasi dari Paul Ernest. Hal itu dikarenakan Indonesia masih menjadi negara yang mencari bentuk, dan belum memiliki bentuknya sendiri. Namun pencarian bentuk tersebut mengarah ke pendidikan demokrasi Pancasila yang berdasarkan kepada Pancasila sebagai ideology negara.
Wassalamu'alaikum wr wb
Alfiana Dewi
ReplyDelete19701251005
S2 PEP A 2019
Bismillah, saya setuju dengan pendapat ini "Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk". karena saat di tinjau dari segi kurikulum dan lainnya sering berubah - ubah tergantung dengan pejabat yang menjabat saat ini. sehingga menibulkan kebingnan bagi para pemeran didalam dunia pendidikan.
Yufida Afkarina Nizar Isyam
ReplyDelete19709251073
S2 Pendidikan Matematika D 2019
Menurut Paul Ernest ada lima kelompok yang memiliki tujuan berbeda dalam pendidikan. Yang pertama dari kelompok industrial trainer, yang bertujuan untuk menciptakan politik radikal, menjadikan matematika sebagai tubuh pengetahuan, dan menciptakan nilai moral baik vs buruk melalui pendidikan. Kemudian, dari kelompok technological pragmatist, tujuannya adalah menciptakan politik konservatif, menjadikan matematika sebagai ilmu kebenaran, dan menciptakan nilai moral pragmatisme. Dari kelompok old humanist, tujuannya adalah menciptakan politik konservatif atau liberal, menjadikan matematika sebagai struktur kebenaran, dan menciptakan nilai moral hirarki paternalistik. Dari kelompok progressive educator, tujuannya adalah untuk menciptakan politik liberal, menjadikan matematika sebagai proses berpikir, dan menciptakan nilai moral kemanusiaan. Kemudian yang terakhir adalah dari kelompok public educator, tujuannya adalah untuk menciptakan politik yang demokratis, menjadikan matematika sebagai sebuah kegiatan sosial, dan menciptakan nilai moral keadilan dan kebebasan.
Vera Yuli Erviana
ReplyDeleteNIM 19706261005
S3 Pendidikan Dasar 2019
Assalamualaikum Wr. Wb.
Terimakasih banyak Prof untuk berbagai referensinya, seperti yang telah disampaikan, bahwa pendidikan di Indonesia mengarah pada politik Demokrasi sebagai start pointnya dan lebih mengarah pada nilai-nilai pancasila yang merupakan hasil dari kebijakan reformasi yang dijalankan. Selain itu, metode pembelajaran di Indonesia saat ini telah berkembang dari yang dahulunya hanya melibatkan keaktifan dari guru, berubah menjadi pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa. Sehingga, dengan begitu, siswa dapat lebih terlatih dan lebih memahami materi pembelajaran.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Latifa Krisna Ayu
ReplyDelete19709251060
S2 Pendidikan Matematika D
Indonesia adalah negara berkembang, begitupula pendidikan Indonesia. Pendidikan Indonesia masih dalam tahapan mencari jati dirinya. Ia masih berusaha mencari yang mana yang paling cocok dengan dirinya. Untuk menemukan yang terbaik maka sebaiknya jangan lupakan nilai-nilai asli dari bangsa Indonesia sendiri, seperti konsep pendidikan asli dari Indonesia yaitu konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara. Hal lain yang sangat perlu disoroti ialah pendidikan Indonesia yang berpusat pada guru. Hal ini perlu diubah agar berpusat pada siswa. Perubahan ini tentu tidak mudah, dibutuhkan waktu yang panjang untuk sepenuhnya merubah paradigma teacher centered yang sudah tertanam begitu lama menjadi student centered. Oleh karena itu dibutuhkan keikutsertaan berbagai pihak untuk mendukung perubahan ini.
Terima kasih
Lovie Adikayanti
ReplyDelete19709251068
S2 Pendidikan Matematika D
Assalamualaikum wr.wb
Setelah melihat dan mencoba untuk memahami peta pendidikan dunia yang Bapak dan Mr. Paul Ernest buat, saya menjadi tertarik dengan progressive educator dan public educator. Dalam progressive educator disebutkan bahwa matematika itu merupakan proses berpikir. Sedangkan pada public educator disebutkan bahwa matematika itu merupakan aktivitas sosial. Menurut saya, tipe-tipe seperti progressive educator dan public educator bagus jika dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan tersebut dapat menjadi lebih inovatif/tidak tradisional.
Siti Zahra Zahrona
ReplyDelete21309251097
S2 Pendidikan Matematika D Intake 2021/2022
Assalamu'alaikum wr.wb.
Terima kasih Prof atas ilmu yang diberikan di atas. Walaupun saat ini sistem pendidikan di Indonesia sudah banyak berkembang ke arah yang paling kanan dari peta pendidikan dunia, namun pernyataan Prof. Marsigit masih relevan saat ini karena sistem pendidikan Indonesia belum sepenuhnya lepas dari sistem yang konvensional. Sehingga hal tersebut menjadi tugas yang sangat penting bagi para pendidik maupun calon pendidik untuk membantu sistem pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih inovatif dan berorientasi kepada siswa agar keadaan pendidikan di Indonesia bisa lebih maju seperti 2 kolom kanan di peta pendidikan dunia yang diberikan di atas.