Nov 8, 2014

Peta 1 - Peta Pendidikan Dunia _ Dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 1).

Catatan: Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Tetapi bentuk dari Sistem Pendidikan Indonesia mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu : Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis, yang merupakan representasi Dunia Kontemporer atau Power Now; kenapa?, karena baru hanya sampai di situlah kemampuan kita dibanding dengan Dunia Kontemporer, sehingga tidak ada jalan lain bagi Indonesia kecuali menapaki jalan setapak mereka untuk menuju masa depan. Itulah pernah diwaktu yang lampu Pendidikan Dasar diarahkan menuju Back to Basic (tak usah macam-macam, anak SD yang penting cukup bisa Baca, Tulis, dan Hitung). Tiga Kolom kiri, mengimplementasikan Pendidikan sebagai Tradisional/Konvensional, sentralistik dan mendefinisikan Subjek Ilmu sebagai Body of Knowledge, Science of Truth dan Structure of Truth, dan ini sejalan/selaras dengan dunianya para Ilmuwan Dasar (Basic Science) yang bersifat Formal seperti Matematika Murni, Fisika Murni, Biologi Murni dan Kimia Murni, yang kemudian mereka diangkat menjadi Anak Emas nya Power Now untuk eksploitasi Dunia. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism). Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila.

132 comments:

  1. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Sistem Pendidikan Indonesia yang masih meraba-raba membuat Indonesia belum memiliki jati diri yang mencerminkan sistem pendidikan yang sesuai dengan ideologi bangsa. Indonesia masih mencari apa yang menjadi kebutuhan pendidikan saat ini. Sejauh ini, bentuk dari sistem pendidikan Indonesia masih mengarah pada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis dimana masih menjalankan pendidikan dengan cara Konvensional. Berbeda dengan 3 sistem sebelumnya, Progresive Educator dan Public Educator berusaha menginovasi pendidikan yang berorientasi kepada siswa dan inilah hal yang masih berusaha dicapai oleh sistem pendidikan Indonesia untuk mewujudkan demokrasi Pancasila.

    ReplyDelete
  2. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Sistem pendidikan di Inodnesia belum mempunyai bentuk yang jelas, ini terlihat dari perubahan kurikulum yang dilakukan oleh Pemerintah. Bahkan dalam satu tahun ajaran pernah kurikulum berubah sebanyak lebih dari satu kali. Di Indonesia sistem pendidikannya industrial trainer, technological pragmatis, dan old humanis dimana pendidikan hanya diarahkan menuju back to basic seperti membaca, menulis dan menghitung dan guru mempunyai peran penting dalam proses belajar mengajar. Sedangkan sistem pendidikan progressive educator dan public educator lebih berorientasi pada siswa dan kita baru menjalani proses untuk menujunya sesuai dengan tujuan Permendikbud.

    ReplyDelete
  3. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Berdasarkan tabel peta pendidikan yang dirancang Bapak Marsigit dan Paul Ernest, secara garis besar terdapat 5 macam system pendidikan di Dunia yaitu Industrial Trainor, Technological Pragmatise, Old Humanisme, Progressive Educator, dan Public Educator. Sedangkan untuk system pendidikan di Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas, namun mengarah kepada Industrial Trainor, technological Pragmatise, Old Humanisme. Akan tetapi Industrial Trainor, Technological Pragmatise, Old Humanisme tidak mengarah kepada cita cita demokrasi pancasila. Dimana seharusnya system pendidikan Indonesia mengarah kepada Progressive Educator dan Public Educator yang berusaha memberikan inovasi pendidikan yang berorientasi kepada siswa atau berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Industri trainer dala politik yaitu berpikir secara radikal, memandang pendidikan harus sesuai dengan strata sosialnya, sehingga tidak layak jika sosial yang berbeda disekolah yang sama. Seperti yang kita tahu bahwa pendidikan dapat menjadi alat untuk meningkatkan status sosial masyarakat. Namun kenapa pendidikan sendiri dapat menyebabkan stratifikasi sosial dan membuat kesenjangan dalam masyarakat.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Saya mengira mengapa Indonesia menggunakan bentuk Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis adalah karena karakter bangsa dan keadaan Indonesia saat ini. Indonesia saat ini masih menjadi negara berkembang. Sehingga yang sangat diperlukannya adalah pekerja-pekerja untuk industri-industri. Dan saat ini, Indonesia menjadi pasar dunia, akibat dari pasar bebas. Sehingga banyak inovasi-inovasi teknologi yang masuk dan dikonsumsi oleh rakyat Indonesia. Ini pula yang menjadikan kenapa bentuk pendidikan Indonesia juga menganut Technological Pragmatis. Namun karena Indonesia mempunyai sejarah yang kuat di Indonesia masih ada yang menganut Old Humanis. Namun tidak menutup kemungkinan pandangan Old Humanis suatu saat akan digerus oleh pandangan Technological Pragmatis. Karena penganut Old Humanis cenderung adalah rakyat yang berusia lanjut. Sedangkan penganut Technological Pragmatis cenderung rakyat yang berusia muda.

    ReplyDelete
  6. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Dijelaskan di dalam artikel ini bahwa sistem pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Terlihat dari berubah-ubahnya aturan pendidikan yang dibuat oleh pemerintah. Kita hanya mengadaptasi sistem-sistem negara luar untuk diterapkan di negara ini. Seharusnya kita mempunyai tujuan pendidikan yang pasti dan pembuatan aturan-aturan itu dilandaskan pada tujuan pendidikan pasti. Oleh karenanya, aturan-aturan baru yang munculpun juga saling berhubungan dengan aturan-aturan sebelumnya.

    ReplyDelete
  7. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari artikel diatas saya mendapatkan bahwa sistem pendidikan di Indonesia masih belum memiliki jati diri atau masih sering berubah dan mengacu pada negara yang memiliki sistem pendidikan yang sudah maju. Semoga esok sistem pendidikan di Indonesia jelas arahnya dan juga menjadi pendidikan yang inovatif sehingga sesuai dengan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan secara sadar, terencana, terpola, dan dapat dievaluasi yangdilakukan oleh pendidik untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensiyang ada dalam peserta didik. Arah pendidikan bangsa Indonesia dalam tataran
    kebijakan diselenggarakan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa
    yang dilandasi keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia. Paul Ernest pendidikan dunia ini dikelompokan menjadi lima kelompok yaitu industrial trainer, pragmatism, old humanism, progressive educator, dan public educator. Dari pemetaan tentang pendidikan tersebut, ternyata pendidikan dapat dipetakan menjadi beberapa bagian yaitu politics, mathematics dan moral value. Pragmatism berpaham politik konservatif, old humanist berpaham politik konservatif/liberal, progressive educator berpaham politik liberal, dan educator berpaham politik demokrasi dalam pembelajarannya.

    ReplyDelete
  9. Sistem pendidikan Indonesia yang ideal sangat diharapkan segera dapat diterapkan dalam pendidikan Indonesia. Karena sebenarnya Indonesia sudah memiliki jati diri sendiri. Pendidikan yang berasal dari Indonesia sendiri akan merasa lebih tepat dan dimiliki. Teori mengajar pun Indonesia sudah punya ajaran Ki Hajar Dewantara. Jikapun masih dianggap terlalu tradisioanl maka generasi penerus dapat menciptakan yang baru atau menyempurnakannya. Sistem pendidikan yang diciptakan oleh putra bangsa sendiri akan lebih baik tidak hanya Amati Tiru dan Modifikasi. Sehingga kita akan mempunyai kebanggan sendiri.

    ReplyDelete
  10. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ketika memilihat pendidikan di Indonesia jelas berbeda dengan negara – negara lain di dunia. Bisa dibilang Indonesia masih jauh tertinggal. Sistem Pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan, terlihat dari perubahan kurikulum yang dalam 15 tahun terakhir terdapat 3 kurikulum yang berbeda. Perubahan ini dimaksudkan untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  11. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Peta pendidikan dunia yang disampaikan dalam postingan pak Prof diatas memberi gambaran kepada saya khususnya mengenai bagaimana bentuk pendidikan di berbagai negara jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Apabila kita akan menempatkan keadaan pendidikan di Indonesia sekarang, saya sependapat dengan pak Prof bahwa sistem pendidikan di Indonesia masih belum memiliki bentuk, karena Indonesia sedang mencari jati diri. Hal ini akan cepat terselesaikan apabila dengan pikiran jernih dan terbuka dari para stake holder mampu merumuskan sebenar-benarnya jati diri Indonesia, sehingga arah tujuan pendidikan tidak terombang-ambing

    ReplyDelete
  12. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Peta 1 tersebut menggambar posisi pendidikan di Indonesia dengan apa yang terjadi di dunia, dimana pendidikan di Indonesia masih sedang berproses untuk mencari bentuk, tetapi pada prosesnya saat ini posisi pendidikan di indonesia lebih mengarah ke Industrial Trainer, Technological Pramatis, dan Old Humanis yang merupakan representasi dunia kontemporer atau power now. Kurikulum di Indonesia yang terus mengalami perubahan mengindikasikan proses pencarian bentuk tersebut, dimana saat ini kurikulum 2013 telah mengupayakan perubahan dari pembelajaran tradisional/konvensional membawa posisi Indonesia menuju 2 kolom sebelah kanan, yakni tercantum politik demokrasi yang selaras dengan demokrasi pancasila di Indonesia.

    ReplyDelete
  13. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Memang saat ini masih ada beberapa daerah yang masih memberlakukan sistem pendidikan yang konvensional, namun dengan program pemerintah yang diberlakukannya kurikulum 2013 yang mana merupakan pendekatan saintifik sehingga apabila kurikulum ini diberlakukan ekspansi secara bertahap dan akhirnya semua daerah menggunakan K13, maka bukan tidak mungkin kalau pendidikan indonesia bisa mencapai target seperti pada kolom paling kanan.

    ReplyDelete
  14. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Indonesia sebagai negara berkembang memang masih terus berusaha untuk mencapai keriteria pendidikan yang baik dan cocok untuk bangsa ini sendiri. hal ini berdampak pada tidak jarangnya kebijakan tentang pendidikan berganti-ganti. dan sesuai dengan kesimpulan diatas, setelah diamat-amati, Indonesia cenderung mengikuti jejak negara-negara super now (adi kuasa) dalam sistem pendidikan. padahal cita-cita awal indonesia tidak seperti demikian. namun kembali lagi, ini masih tahap berusaha. mungkin dan semoga saja suatu hari nanti pendidikan di Indonesia akan sesuai dengan cita-citanya sendiri, diantaranya yaitu mencerdaskan anak bangsa.

    ReplyDelete
  15. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setelah melihat peta pendidikan di atas, saya memperoleh pengetahuan baru mengenai pembagian atau pemetaan pendidikan yang terdiri dari politics, mathematics dan moral value. Ketiga bagian tersebut memiliki karakteristik, kelebihan, dan kekurangan masing-masing.

    ReplyDelete
  16. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju bahwa proses pembelajaran merupakan the process of thinking lebih tepatnya yaitu the process of progressive thinking. Hal ini memiliki makna bahwa dalam proses pembelajaran pada hakikatnya proses mengembangkan pemikiran siswa. Di mana siswa diberi kesempatan untuk mengeksplor kemampuan, berinvestigasi, memperkaya kreativitas, dan selalu kritis serta mandiri. Janganlah menjadi siswa sebagai ‘konsumen’ ilmu guru saja, namun dapat menjadi pencetus ide-ide atau inovasi-inovasi baru (podusen) dalam pembalajaran.

    ReplyDelete
  17. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Karena saya hanyalah orangdengan serba kekurangan, tidak mampu memahami istilah-istilah di atas secara langsung, sehingga saya mencoba mencari refernsi lain.
    Peta pendidikan dunia 1 menjelaskan tentang ideologi politik, pandangan setiap kaum terhadap matematika, dan nilai moral bagi setiap kaum. Sebagaimana yang dikatakan oleh penulis bahwa idealnya pendidikan menganut ke dua kolom paling kanan, yaitu progressive educator dan public educator, akan tetapi kenyataan di Indonesia condong ke tiga kolom paling kiri, yaitu industrial trainer, technological pragmatis, dan old humanis. Di sini saya hanya mengungkapkan idealnya pendidikan di Indonesia agar dijadikan sebagai motivasi. Pertama progressive educator
    a. Politics
    Sikap perilaku politik masyarakat yang berpikir bebas dan ingin maju terus. Menginginkan perubahan progresif dan cepat, berdasarkan hukum dan kekuatan legal untuk mencapai tujuan.
    b. Mathematics
    Matematika dipandang sebagai process of thinking (proses berpikir). Matematika lebih menekankan aktivitas dalam dunia rasio atau penalaran yang terbentuk sebagai hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses, dan penalaran.
    c. Moral value
    Humanisty, pelajaran diintegrasikas dengan nilai-nilai moral agama. Kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan rasa saling menghargai antar siswa.

    ReplyDelete
  18. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Sedangkan, yang kedua adalah public educator,
    a. Politics
    Menurut public educator pendidikan hendaknya bertujuan menyediakan pengalaman untuk menemukan atau memecahkan hal-hal baru dalam kehidupan pribadi dan kehidupan sosialnya. Pada hakikatnya masyarakat adalah terbaik, namun masyarakat yang demokratis merupakan masyarakat terbaik dimana terdapat kesempatan untuk setiap pekerjaan dan dalam demokrasi tidak mengenal adanya stratifikasi sosial
    b. Mathematics
    Matematika dipandang sebagai aktivitas sosial, artinya semua aktivitas sosial didasarkan pada konsep-konsep matematika, sedangkan pada kenyataannya aktivitas sosial yang dilakukan oleh seseorang tidak selalu dihubungkan dengan konsep matematika, karena terkadang seseorang tidak menyadari bahwa matematika telah mengambil bagian dalam setiap aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Dalam nilai moralnya seseorang bebas melakukan segala sesuatu yang diinginkannya tanpa memandang baik atau buruknya
    c. Moral value
    Seseorang bebas melakukan segala sesuatu yang diinginkannya tanpa memandang baik atau buruknya.
    Referensi:
    http://anisyaseptiana20.blogspot.com/2014/01/implementasi-filsafat-dalam-kurikulum.html
    http://trysagustyamanda.blogspot.com/2014/01/implementasi-filsafat-dalam-pendidikan.html

    ReplyDelete
  19. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Postingan tersebut merupakan penjelasan tentang Peta 1 Pendidikan Dunia oleh Paul Ernest yang diilustrasikan oleh Pak Marsigit. Yang saya dapatkan dari informasi di atas adalah bahwa pendidikan di Indonesia masih terletak pada 3 kolom sebelah kiri. Hal ini memang karena pendidikan Indonesia kebanyakan masih menggunakan cara konvensional. Tetapi, dengan adanya pemberlakuan Kurikulum 2013 yang dicanangkan oleh pemerintah, diharapkan pendidikan di Indonesia dapat berkembang menuju kolom sebelah kanan.

    ReplyDelete
  20. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. dari tabel diatas dapat dilihat bahwa paul ernest membagi matematika menjad bentuk body of knowledge, science of truth, structure of truth, process of thinking dan social activities. Di Indonesia matematika baru dilihat sebagai body of knowledge, science of truth, structure of truth. Matematika belum dilihat sebagai aktivitas sosial, sehingga matematika yang diajarkan di sekolah masih dipisahkan dari kegiatan sehari-hari. Padahal jika guru ingin melakukan inovasi pendidikan harus melibatkan kegiatan sehari-hari di lingkungan siswa.

    ReplyDelete
  21. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Paul Ernest membagi pendidikan dunia mejadi lima bagian : industrial trainer; technological pragmatist; old humanist; progressive educator and public educator. Menurut saya pendidikan Indonesia yang paling ideal adalah pada bagian public educator yaitu demokrasi dimana siswa menjadi semakin berkembang serta dapat menumbuhkan keaktifan dan kreatifitas siswa, tetapi untuk mencapai hal tersebut pastilah banyak hambatan-hambatan yang dilalui yang membutuhkan perjuangan.

    ReplyDelete
  22. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sistem Pendidikan di Indonesia mengarah kepada Industrial Trainer dengan menerapkan politik radikal, memandang matematika sebagai tubuh dari pengetahuan dengan nilai moral yang memperhatikan pada nilai baik vs buruk. Kemudian mengarah kepada Technological Pragmatis dengan politik konservative yang memandang matematika sebagai nilai kebenaran dengan nilai moralnya pragmatisme. Kemudian mengarah kepada Old Humanis dengan politik konservative/liberal, memandang matematika adalah struktur kebenaran dengan nilai moral hierarki paternalistic.

    ReplyDelete
  23. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bentuk sistem pendidikan di Indonesia yang mengarah kepada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis mengimplementasikan Pendidikan secara tradisionl / konvensioal. Dimana Pendidikan yang berlangsung masih menggunakan peralatan kuno seperti kapur, tanpa adanya penggunaan teknologi serba canggih, kemudian penggunaaan media yang sederhana, pembelajaran yang berpusat pada guru, serta metode ceramah menjadi satu-satunya metode yang menjadi andalan guru dalam proses pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete

  24. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sistem pendidikan yang paling ideal bagi Indonesia adalah public educator dengan politik demokrasi, memandang matematika sebagai aktivitas sosial, dengan nilai moralnya adalah keadilan dan kebebasan. Dalam public educator siswa akan diberikan fasilitas yang seluas-luasnya untuk memahami suatu pembelajaran, setiap siswa memiliki hak yang sama untuk berpartisispasi dalam kegiatan serta bebas menentukan pendapatnya sesuai dengan batas-batas kesopanan. Siswa dalam melakukan pembelajarannya mengedepankan kerja sama dalam tim sehingga tercipta aktivitas sosial yang baik.

    ReplyDelete
  25. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Tabel pada artikel di atas menunjukkan hubungan antara pelatih Industri, Pragmatisme teknologi, humanis Old, Progressive Educator, Educator Umum dengan politik, matematika, dan nilai moral. Semoga setelah mengetahui hubungan itu, kita dapat memajukan bidang pendidikan menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete

  26. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebenernya Sistem Pendidikan Indonesia masih mencari bentuk yang sesuai. Akan tetapi bentuk Sistem Pendidikan Indonesia telah mengarah kepada 3 kolom sebelah kiri yaitu: Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Hal ini mencerminkan bahwa Sistem Pendidikan Indonesia bersifat Tradisional/Konvensional.

    ReplyDelete
  27. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan peta pendidikan di atas, kita memperoleh pengetahuan baru mengenai pembagian atau pemetaan pendidikan yang terdiri dari politics, mathematics dan moral value. Peta ini memberi informasi tentang bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia.

    ReplyDelete

  28. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dua kolom di sebelah kanan, yaitu Progressive Educator dan Public Educator merepresentasikan pendidikan yang berorientasi pada siswa serta menjunjung nilai demokrasi. Dua hal ini sebenarnya dapat menjadikan Sistem Pendidikan di Indonesia bisa berkembang dan memajukan pendidikan Indonesia karena sesuai dengan nilai Pancasila tentang demokrasi.

    ReplyDelete

  29. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Metode konvensional sudah tidak relevan dengan kurikulum 2013. Metode konvensional merepresentasikan metode ceramah di kelas. Hal ini sudah harus diminimalisir karena sesungguhnya pembelajaran yang baik adalah berorientasi siswa agar siswa dapat mengembangkan ide dan pikirannya.

    ReplyDelete
  30. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sesuai dengan public educator in mathematics, maka pembelajaran matematika yang baik yaitu bisa melibatkan siswa dalam aktivitas sosialnya. Matematika tidak hanya di dalam kelas, akan tetapi matematika adalah benar-benar bisa diterapkan di kehidupan. Misalnya matematika yang berkaitan dengan budaya Indonesia.

    ReplyDelete
  31. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebagai negara yang sedang berkembang, sebenernya negara ini memiliki kesempatan yang seluas-luasnya untuk mau menjadi seperti apa negara ini di kemudian hari. Dengan melihat, merevisi, serta mencari bentuk yang paling sesuai dengan karakteristik bangsa adalah pilihan yang harus disesuaikan dengan kepribadian bangsa dan negara, dimana untuk tidak dilupakan bahwa kita merupakan bangsa timur yang menjunjung tinggi norma luhur dari nenek moyang secara turun temurun.

    ReplyDelete
  32. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pendidikan di Indonesia diarahkan dalam upaya mencapai cita-cita luhur bangsa yakni mewujudkan Demokrasi Pancasila. Pendidikan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pribadi yang mengalami proses belajar, dengan berlandaskan terhadap makna yang terkandung dalam Pancasila. Oleh karena itu, sudah selayaknya bagi kita sebagai bagian yang ada di dalam ruang lingkup dunia pendidikan, untuk ikut serta mensukseskan cita-cita bangsa kita, khususnya di bidang pendidikan.

    ReplyDelete
  33. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Hal yang kami (saya) pelajari dari tabel di atas adalah bahwa pendidikan kita masih sangat beroroentasi pada materi dan dipengaruhi oleh mindset “Power Now” yang sejatinya kurang cocok dengan jati diri bangsa kita.

    ReplyDelete
  34. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Berdasarkan tabel dan penjelasan Pak Prof. saya bisa mempelajari bagaimana kondisi pendidikan di dunia serta berada di posisi mana pendidikan Indonesia saat ini. Disini saya tertarik dengan “progressive educator” dan “public educator”, dimana mendefenisikan subjek ilmu matematika sebagai “process of thinking” (proses berpikir) dan “social activities” (aktivitas sosial).
    Menurut saya, wajar saja jika progressive educator dan public educator ini kemudian menggambarkan usaha untuk menginovasi pendidikan ke arah pembelajaran yang berpusat kepada siswa, karena memang berlandaskan pada proses berpikir dan aktivitas sosial.

    ReplyDelete
  35. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat 2017 A

    Tulisan ini diposting tiga tahun yang lalu. Bapak mengatakan bahwa pendidikann kita masih pada 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Bapak juga menuliskan bahwa Indonesia tidak akan sampai pada kolom yang paling kanan (Public Educator) kecuali dengan menapaki jalan setapak mereka untuk menuju pendidikan yang lebih baik di masa depan. Sekarang sudah tahun 2017, menurut saya negara Indonesia memang sudah berusaha menapaki jalan setapaknya untuk menuju pendidikan yang lebih baik. Terbukti, sudah banyak inovasi-inovasi pembelajaran yang ditemukan, sudah banyak sekolah-sekolah yang menerapkan siswa sebagai pusat dalam proses pembelajaran, belajar matematika tidak selalu di dalam kelas, dll. Akan tetapi, bukan berarti pendidikan di Indonensia sekarang sudah sempurna seperti yang diharapkan. Masih banyak jalan setapak yang harus dilalui Indonesia agar pendidikannya benar-benar sesuai dengan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  36. Junianto
    17709251065
    PM C

    Kalau berbicara tentang pendidikan di Indonesia tentu masih perlu banyak evaluasi dan peningkatan. Berdasarkan catatan ini, Indonesia sekarang sedang mencari bentuk pendidikan kita. Benar memang, karena itulah yang terjadi sekarang ini kurikulum yang di evaluasi secara berkala menunjukkan itu dan menunjukkan pula adanya semangat perbaikan pendidikan yang sangat tinggi. Tetapi itu semua tidak akan terwujud tanpa bantuan berbagai elemen masyarakat. Tanpa kesadaran pendidik, siswa, orang tua, tenaga sarpras, dsb, semangat perbaikan itu juga akan sia-sia.

    ReplyDelete
  37. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Berdasarkan pemahaman saya berdasarkan peta pendidikan di atas, Di dunia, ada lima kelompok yang memiliki tujuan berbeda dalam pendidikan. Yang pertama dari group industrial trainer, tujuannya adalah untuk menciptakan politik yang benar radikal, menjadikan matematika sebagai badan pengetahuan, dan menciptakan nilai moral yang baik vs buruk. Kemudian, dari kelompok Teknologi Pragmatis, tujuannya adalah untuk menciptakan politik konservatif, menjadikan matematika sebagai ilmu kebenaran, dan menciptakan nilai moral pragmatisme. Dari kelompok humanis lama, tujuannya adalah untuk menciptakan politik konservatif atau liberal, menjadikan matematika sebagai struktur kebenaran, dan menciptakan nilai moral dari hierarki paternalistik. Dari kelompok pendidik progresif, tujuannya adalah untuk menciptakan politik liberal, menjadikan matematika sebagai proses berpikir, dan menciptakan nilai moral kemanusiaan. Kemudian yang terakhir adalah dari pendidik masyarakat kelompok, tujuannya adalah untuk menciptakan politik yang demokratis, menjadikan matematika sebagai kegiatan sosial, dan menciptakan nilai moral keadilan dan kebebasan.

    ReplyDelete
  38. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Postingan ini menggambarkan sistem pendidikan Indonesia saat ini, gambaran yang dibuat oleh Bapak mengenai sistem pendidikan Indonesia. Memang benar bahwa sistem pendidikan Indonesia belum mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan masih menjadi bangsa yang mencari jati diri. Tapi dari tabel peta telah ada bayangan arah sistem pendidikan indonesia nantinya. Untuk menjadikan sistem pendidikan Indonesia yang baik, maka harus ada yang namanya perjuangan. Dan ini harus didukung oleh semua kalangan. Semoga peta sistem pendidikan Indonesia akan berjalan sesuai yang diinginkan.

    ReplyDelete
  39. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Menurut Paul Ernest, pendidikan di dunia dibagi menjadi lima yaitu industrial trainer, tegnological pragmatist, old humanist, progressive educator, dan public educator. Industrial trainer mengikuti aliran radikal jika dilihat dari sisi politis, pragmatis secara teknis masuk pada politik konservatif, old humanis liberal, progressive educator juga liberal, public educator menggunakan politik demokrasi. Sebenarnya yang diinginkan Indonesia itu adalah demokrasi, tetapi dalam kenyataanya yang berkembang tidak hanya itu, semua sudah tercampuraduk dengan paham-paham yang lain, sehingga semakin lama jati diri bangsa semakin terkikis.

    ReplyDelete
  40. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Seperti yang telah diungkapkan di bacaan di atas, semestinya pendidikan kita menganut ideologi yang sesuai dengan falsafah bangsa kita,yaitu publik educator. Berbagai upaya telah dilakukan, baik dari sistem hingga praktik di lapangan untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Perubahan paradigma pembelajaran menuju pembelajaran inovatif pun tengah diupayakan. Namun, dalam kenyataannya tidak mudah untuk dapat melakukan inovasi pembelajaran. Terdapat berbagai permasalahan yang membuat kita sulit untuk benar-benar menunjung tinggi falsafah bangsa. Hal ini membuat kita hampir kehilangan jati diri bangsa kita sendiri.

    ReplyDelete
  41. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Indonesia menuju pendidikan demokrasi, Indonesia menuju sistem pendidikan ideal. Sistem ideal seperti apakah menurut pandangan pemerintah saat ini? Pendidikan sejatinya harus mempersiapkan penerus yang dapat bersaing secara internasional, untuk itu tujuan pendidikan secara nasional dan dunia harus ditetapkan dan dipahami oleh seluruh pelaksana pendidikan di Indonesia. Kendala pasti ada, namun yang paling kuat menghalangi adalah pemikiran yang sempit dan masih tertutup pada sebagian besar aktor pendidikan. Untuk mengubah secara keseluruhan dalam waktu yang singkat, sangat mustahil apabila kesadaran untuk berinovasi dan berubah tidak muncul dari dalam hati. Mungkin butuh waktu yang sangat lama untuk meletakkan Indonesia di dua kolom kanan dari peta diatas.

    ReplyDelete
  42. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Seperti yang dinyatakan oleh Prof Marsigit dalam postingan ini, bahwa pendidikan di Indonesia masih harus melakukan perjalanan jauh untuk mencapai pendidikan yang berorientasi pada siswa. Mirisnya, sistem pendidikan di Indonesia masih mengarah pada kolom Industrial trainer, technological pragmatism, dan old humanism. Sedangkan kolom yang ingin dicapai adalah progressive educator dan public educator. Indonesia baru sampai pada tahap yang mendefinisikan matematika sebagai ilmu pasti, bukan sebagai proses berpikir ataupun aktivitas sosial. Indonesia masih secara kasar mendefinisikan matematika. Hal ini sangat jelas terlihat dalam sistem pendidikan Indonesia yang 10 tahun belakangan ini masih juga memberikan matematika formal kepada siswa, bukannya matematika kontekstual. Sedangkan di negara-negara yang telah lebih maju, mereka menganggap matematika adalah aktivitas sosial, yang merupakan aktivitas yang sangat dekat dengan kehidupan mereka

    ReplyDelete
  43. Anias Safitri
    17701251038
    PEPB

    Menurut Paul Ernest, era pendidikan dunia dibagi menjadi 5 era, era industrial trainer, technological pragmative, old humanism, progressive educator, dan public educator. Kelima era ini di sini dapat ditinjau dari segi politik, matematika, dan nilai moral yang ada. Dilihat dari segi perkembangan matematika, matematika di berkembangan dari matematika sebagai body of knowledge, science of truth, structure of truth, process of thinking, dan social activities. Pada era konteporer dunia pendidikan di indonesia dapat mencapai pada 3 era yaitu Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism). Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila. Proses dimana 5 era merupakan proses dalam dunia pendidikan berlangsung, dengan jalanyang ditempuh merupakan jalan panjang karena pendidikan itu adalah proses, dan tidak bisa diharilkan dengan jangka pendek harus berkesinambungan untuk menuju indonesia emas.

    ReplyDelete
  44. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Hal yang mendasari dari suksesnya pendidikan di suatu komunitas adalah sikap untuk tidak memperoleh keuntungan dari apa yang dilakukan. Karena pada dasarnya pendidikan itu akan berjalan dengan baik jika sistem yang kita kelola berisi orang-orang yang memikirkan masa depan suatu kelompok yang besar, bukan hanya memikirkan suatu kelompok kecil dalam kelompok besar, bahkan ada juga yang hanya berorientasi pada keuntungan pribadi. Jika keadaan ini semakin berlanjut, pendidikan tidak akan berjalan dengan baik karena masih ada tujuan-tujuan tertentu yang mengiringinya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  45. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Maematika

    Assalamu'alaikum wr.wb

    ternyata ilmuwan dasar yang menjadi sasaran power now. dan negara kita menjadi sasaran empuk untuk menjalankan misi-misi mereka. sebenarnya bekal apa yang harus kita miliki untuk membentengi diri? salah satu nya mungkin dengan lebih banyak membaca. meskipun kita harus berhati-hati dengan media di masa sekarang ini, tetapi jika kia menghindar untuk membaca berita, maka kita akan sulit untuk memperoleh informasi itu

    ReplyDelete
  46. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Kalau di nilai dari sistem pendidikan negara Indonesia masih cukup jauh ketinggalan dibandingkan dengan negara lain, namun kalau di nilai dari segi Sumber Daya Manusia indonesia tidak kalah dengan negara-negara luar hal ini dapat dibuktikan dengan tercapainya berbagai prestasi yang dilakukan oleh pelajar indonesia dikancah internasional. MAka dari itu kita sebagai bangsa dari negara ini tidak perlu berkecil hati, namun hal yang perlu kita lukukan adalah tetap semangat dalam menciptakan berbagai macam inovatif baik di bidang pendidikan maupun non pendidikan yang finalisasinya bisa mengharumkan nama bangsa.

    ReplyDelete
  47. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Pendidikan sebagi suatu sistem mensyaratkan perbaikan di segala aspeknya demi tercapainya tatanan yang lebih baik lagi. Nilai-nilai moral yang ada dalam kehidupan seharusnya tidak mengalami degradasi. Moral-moral tersebut dari paham yang membedakannya menjadi baik atau buruk, kelomok pragmatis, hirarkis paternalis, ataupun kelompok yang memandang nilai moral sebagai humanity atay kebebasan dan keadilan. Cara pandang matematika berawal dari pandangan bahwa matematika hanyalah ilmu pengetahuan belaka, kemudian meningkat menjadi matematika sebagai kebenaran ilmiah, matematika sebagai kebenaran yang berstruktur, meningkat matematika yang dilibatkan sebagai proses olah pikir manusia, kemudian meningkat menjadi matematika sebagai aktivitas sosial. Saat kita akan mengadopsi suatu sistem, tentulah bukan sembarang sistem yang diadopsi, melainkan sistem yang mampu mengcover karakter subjek dan objek didik di Indonesia. Dan sistem tersebut tidak dapat ditentukan secara instan, malinkan melalui oercobaan dan diamati dalam kurun waktu tertentu

    ReplyDelete
  48. Jika kita menelisih keadaan pendidikan di Indonesia, tidak serta merta dapat kita bandingkan dengan m=negara yang telah berumur ratusan tahun. Indonesia yang merdeka pada tahun 1945 masih dalam proses untuk bangkit dan memajukan sektor-sektor kehidupan, termasuk pendidikan. Demi kemajuan yang berarti, paradigma dan sudut pandang kita terhadap pendidikan dan aspek-aspeknya memang perlu diubah. Kita tidak hanya mematok pendidikan dari segi tujuan serta outputnya, melainkan outcome pendidikan di Indonesia ditinjau dari outcome ideal Nasional dan internasional. Perlu banyak perbaikan di sana-sini. Sebagai generasi muda, calon pendidik atau bahkan sebagai seorang pendidik kita harus meninjau ulang proses pembelajaran yang terjadi di lapangan, bagaimana implementasi perncanaan pembelajaran yang dilakukan, serta apakah evaluasi yang dilakukan mampu mengakomodir kemampuan siswa secara transparan. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  49. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Menurut survei political and economic Risk Consultan (PERC), kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari12 negara di Asia.Posisi Indonesia berada di bawah vietnam.Data yang dilaporkan The world (Economic Forum swedia (2000),Indonesia memiliki daya saing yang rendah, yaitu hanya menduduki urutan ke 37- dari 57 negara yang disurvei dari lembaga yang sama.Indonesia hanya berpredikat sebagi follower bukan sebagai pemimpin teknologi dari 53 negara di dunia.Somaga dengan adanya peta pendidikan ini, menjadi gambaran buat pendidikan di negeri ini ,untuk menata lebih baik lagi pendidikan di Indonesia.Aminn.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  50. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Postingan di atas menggambarkan bagaimana sistem pendidikan di dunia, termasuk bagaimana sistem pendidikan di Indonesia. Memang benar sistem pendidikan di Indonesia belum terlihat secara jelas, masih perlu dilakukan perbaikan di sana-sini secara terus-menerus, sistem pendidikan di Indoensia masih mencari jati diri. Namun bukan tidak mungkin nantinya Indonesia mempunyai sistem pendidikan yang bagus dan dapat sesuai dengan kondisi. Tentunya harus disertai dengan dukungan dari semua pihak terkait untuk mewujudkannya.

    ReplyDelete
  51. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Menurut saya meskipun di Indonesia belum memiliki sistem pendidikan yang jelas, namun sudah mulai berkembang dari tahun ke tahun. Bahkan negara asing juga sudah mulai banyak yang menempuh pendidikan di Indonesia. Meskipun demikian penting untuk menetapkan sistem yang jelas. Hal ini akan mengarahkan pada kemajuan pendidikan di Indonesia itu sendiri. Sistem pendidikan negara lain yang lebih baik patut dijadikan sebagai bahan studi banding. Penting pula untuk mengembangkan kompetensi para educator.

    ReplyDelete
  52. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Seperti yang telah bapak sampaikan diatas, bahwa pendidikan Indonesia masih mencari bentuk. Hal ini dirasakan sangat wajar, karena berbagai pengaruh dari luar secara besar-besaran bagi Indonesia, menjadikan Indonesia memiliki banyak pilihan untuk mengadaptasi suatu sistem. Oleh karena perlu upaya yang kuat dari pemerintah untuk menentukan arah pendidikan di Indonesia.

    Demikia, terimakasih.

    ReplyDelete
  53. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Saya sangat setuju bahwa saat ini pendidikan Indonesia masih dalam proses mencari bentuk yang ideal. Pendidikan Indonesia saat ini tengah berupaya untuk menuju politik pendidikan demokrasi yang berlandaskan pada Pancasila. Jika menilik pada postingan lainnya dengan judul "Peta Filsafat dan Ideologi Pendidikan" salah satu ciri pendidikan demokrasi adalah menempatkan siswa sebagai aktor belajar yang aktif sedangkan guru sebagai fasilitator. Hal ini dapat dilihat dengan upaya pemerintah dalam mengembangkan kurikulum yang menekankan pada aktivitas aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan berbasis pada kegiatan penelitian atau scientific.

    ReplyDelete
  54. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Langkah perjalanan pendidikan di Indonesia ternyata masih panjang dan penuh liku. Banyak tantangan yang menghambat setiap perjalanannya. Namun, hendaknya semua itu justru menjadi semangat untuk terus melangkah. Yang terpenting adalah bagaimana agar tetap terus melangkah dan memperpanjang langkahnya. Kerjasama dan kesadaran dari semua pihak yang terlibat dalam pendidikan Indonesia untuk memperjuangkan kemajuan pendidikan sangatlah diperlukan.

    ReplyDelete
  55. Junianto
    17709251065
    PM C

    Bisa disepakati bersama bahwa pendidikan dikatakan sebagai ujung tombak kemajuan suatu bangsa. Pendidikanlah yang akan menghasilkan generasi penerus yang berkualitas maupun sebalikya karena tergantung pula pada kualitas pendidikan itu sendiri. Semangat dan usaha perbaikan pendidikan sampai saat ini memang perlu di apresiasi meskipun pada realitanya belum sesuai harapan masyarakat. Semua elemen masyarakat memang harus bahu membahu dalam upaya perbaikan pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  56. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Mohon maaf Prof, saya belum bias memahami apa yang Prof Marsigit sajikan dalam bentuk table. Namun saya memiliki pertanyaan setelah membaca deskripsi yang Prof Marsigit tulis, Prof Marsigit menyebutkan bahwa system Pendidikan Indonesia belum memiliki bentuk yang jelas karena masih dalam proses mencari bentuk yang pas. Yang ingin saya tanyakan, berdasarkan wawasan dan pengalaman Prof Marsigit, kira-kira alasan apa yang membuat Negara kita belum memiliki system pendidikan yang jelas? apakah ada factor usia sebuah Negara? kemudian kira-kira berapa lama suatu Negara mulai memiliki system pendidikan yang jelas dan factor apa yang menjadi kuncinya? demikian Prof, mohon berkenan untuk memberikan jawaban. terima kasih

    ReplyDelete
  57. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Seperti yang Bp katakan "Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk". Karena belum memiliki bentuk pendidikan di Indonesia masih dipengaruhi oleh sistem pendidikan kolonial pada zaman penjajahan baik dari segi proses pendidikannya, tujuan pendidikan, bahkan sampai pelaku pendidikan itu sendiri. 72 tahun sudah kita merdeka secara fisik namun secara mental kita belum sepenuhnya merdeka, tanpa kita sadari kehidupan kita masih terpengaruhi oleh powernow meski terkadang bertentangan dengan karakter kita.

    ReplyDelete
  58. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Tujuan pendidikan Indonesia yang menjadi tujuan paling utama adalah terbentuknya sikap spiritual dan perilaku yang sesuai dengan norma dan ajaran agama yang berlaku, barulah setelah itu pengetahuan dan keterampilan. Keempat tujuan utama ini akan sangat bermanfaat bagi kemajuan bangsa apabila keempatnya tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  59. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Matematika sebagai tubuh dari pengetahuan menjadi sebuah dasar dari berkembangnya ilmu-ilmu pengetahuan yang lain, tetapi masih di bawah spiritual dan filsafat. Selain itu, matematika dapat menjadikan orang-orang yang mempelajarinya untuk dapat berpikir secara terstruktur dan sistematis.

    ReplyDelete
  60. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Setelah membaca penjabaran Bapak ,mengenai tabel di atas, tentunya kita patut waspada, bagaimana kita menghindari ancaman powernow sedangkan pendidikan yang menyiapkan generasi penerus bangsa kita saja mengarahkan pada dunia powernow. Namun mengubah pandangan tentang arah pendidikan tidak bisa serta merta atas pendapat pakar-pakar dunia pendidikan, karena peraturan di negara kita diatur oleh pemerintah yang dalam mengambil keputusan tentunya dipengaruhi banyak faktor.

    ReplyDelete
  61. Wisniarti
    1770921037
    PM B Pascasarjana

    Setiap tahunnya Indonesia memperbaiki sistem pendidikan Indonesia. Tujuannya untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan matematika. Pembelajaran berpusat pada siswa sudah diterapkan di Indonesia, namun menurut saya belum ada peningkatan kualitas siswa yang diinginkan. Banyak faktor yang menyebabkan belum meningkatnya kualitas siswa meski telah diberlakukannya pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satunya yaitu siswa belum siap dengan kegiatan tersebut, karena siswa terbiasa dengan menerima pembelajaran dari guru. Dari bagan di atas menunjukan kepada pembaca letak pendidikan di Indonesia dimana. Indonesia menganut sistem demokrasi artinya Indonesia bebas dalam mengemukakan pendapat guna memperbaiki suatu sistem yang kurang baik, termasuk mengenai sistem pendidikan di Indonesia. Untuk itu sebagai generasi penerus sebaiknya ikut aktif dengan memajukan pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  62. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B 2017

    Indonesia termasuk salah satu negara yang berkembang. Indonesia berpegang teguh pada Pancasila. Pancasila mengajarkan untuk demokrasi. Di dalam dunia pendidikan, Indonesia masih mencari sistem pendidikan yang baik untuk diterapkan. Oleh karena itu, Indonesia sering mengganti sistem pendidikan salah satunya yaitu kurikulum yang diterapka pada Satuan Pendidikan. Walaupun, pendidikan di Indonesia masih tertinggal dengan negara-negera lain, namun SDM yang dimiliki Negara Indonesia sebenarnya mampu untuk bersaingan dengan negara-negara yang sistem pendidikannya sudah baik. Terbukti bahwa ada beberapa anak Indonesia yang dapat menjuarai olimpiade tingkat dunia. Menurut saya, Negara Indonesia perlu menerapkan sistem pendidikan yang sesuai dengan karakteristik bangsa dan mengembangkan setiap bakat yang dimiliki setiap SDM. Jadi harus melihat bakat anak, karakteristik anak, dan sesuai dengan ideologi yang di anut yaitu Pancasila, serta berpegang teguh pada Tuhan yang menciptakan bumi beserta isinya.
    Terimakasih Bapak Marsigit atas ilmunya.

    ReplyDelete
  63. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Walaupun banyak perwakilan siswa Indonesia yang mendapatkan olimpiade di kancah internasional dan bisa sejajar dengan negara maju, namun pendidikan di Indonesia secara umum masih kalah dengan negara-negara maju. Mungkin dikarenakan luasnya Indonesia, sehingga pemerataan pendidikan belum merata, khususnya di daerah timur. Ditambah lagi dengan sistem pendidikan yang berubah-ubah, menyebabkan istilah ganti menteri ganti kurikulum. Namun setidaknya kita patut berbangga di Indonesia masih menggaungkan pendidikan karakter, moral, dan agama, yang mungkin ketiga komponen itu tidak ada di negara maju. Meski demikian kita sebagai pendidik harus tetap optimis menyongsong masa depan pendidikan indonesia yang lebih baik.

    ReplyDelete
  64. Dari tabel tersebut saya dapat memahami posisi Pendidikan di Indonesia di dunia berdasarkan politics, mathematics, dan moral value. Tiga kolom industrial trainer, technologica pragmatism, dan old humonis yang mengimplemenasikan jenis pendidikan tradisional, yang kini telah berkembang oleh para pemikir-pemikir yang membentuk system pendidikan terbaru seperti pada kolom progressive educator dan public educator. Jika Indonesia seperti yang bapak paparkan belum memiliki bentuk yang jelas arah system penddikannya, dan mengarah kepada kolom paling kanan, saya berharap bahwa system pendidikan kita tidak berpengaruh pada pengrusakan akhlak dan kepribadian Indonesia, mempunyai bentuknya sendiri tidak tergoyahkan oleh system-sistem lain, yang memuat niali-nilai Pancasila.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  65. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Berbagai macam ideologi lahir di dunia dan masing-masing selalu berusaha untuk menjadi fondasi dunia agar segala kepentingannya dapat terpenuhi dan diakomodir oleh seluruh Negara di dunia. Pendidikan Indonesia saat ini sedang mengalami pengikisan identitas dan terbawa arus sekte dunia. Saya tertarik dengan konsep Public Educator di atas, karena saya menganggap bahwa ruh dari pendidikan Indonesia dapat terwakili. Pada dasarnya pendidikan Indonesia didirikan atas dasar kepentingan public yang dibantu dengan keterlibatan public di mana di dalamnya terdapat unsur-unsur demokrasi, aktivitas sosial (gotong royong) dan keadilan terhadap tiap-tiap individu.

    ReplyDelete
  66. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Tabel ini menunjukkan hubungan antara pelatih Industri, Pragmatisme teknologi, humanis Old, Progressive Educator, Educator Umum dengan politik, matematika, dan nilai moral. Menurut pendapat saya, hubungan terbaik ada jika pendidik publik yang terkait dengan nilai-nilai moral. Ini akan berdampak pada keadilan dan kebebasan.

    ReplyDelete
  67. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Saya setuju dengan pendapat Pak Marsigit bahwa idealnya pendidikan di Indonesia mengarah kepada kolom yang sebelah kanan, karena pada kolom paling kanan politiknya yaitu demokrasi, sesuai dengan paham yang dianut Indonesia, yaitu demokrasi pancasila. Selain itu juga, mengenai nilai moral dalam public education menganut kebebasan. Kebebasan disini berarti siswa bebas mengemukakan hasil berpikirnya sesui dengan kemampuna, kebutuhan, dan juga minatnya, tidak ada paksaan atau aturan yang membuat mereka takut atau terkekang.

    ReplyDelete
  68. Devi Nofriyanti
    17709251041
    S2 P.Mat UNY kelas B 2017

    perjalanan bangsa indonesia untuk menemukan bentuk pendidikannya yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila nampaknya masih cukup jauh. semoga ke depannya pendiikan di negeri kita ini semakin maju diawali dengan kesadaran para pendidik dan tokoh tokoh yang berpengaruh di bidang pendidikan, aamiin.

    ReplyDelete
  69. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Segala bentuk kebijakan dan aturan harus disesuaikan dengan Pancasila, begitu juga dengan pendidikan. Menurut saya pada kurikulum 2013, begitu kentara dengan Pancasila contohnya pada Kompetensi Inti nomor 1, yang menut saya sudah sesuai dengan sila pertama pada Pancasila. Selanjutnya pada kompetensi inti selanjutny yaitu kompetensi inti 2, 3, dan 4 telah menerapkan sila 2 sampai 5. Hal ini akan membuat siswa semakin baik karakternya karena selain belajar dia juga telah menerapkan sila pada Pancasila.

    ReplyDelete
  70. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs P.Matematika C

    Pengajaran matematika tradisional atau back to basic lebih menekankan untuk menghafalkan rumus, siswa diam memperhatikan guru yang sedang memberikan materi tidak boleh gojek atau ramai meskipun ramai dalam hal yang positif misalnya berdiskusi dengan teman tentang pelajaran yang sedang berlangsung. Maka karena terlalu kaku,gaya belajar tersebut ditinggalkan dan beralih pada cara pengajaran jaman now atau cara pengajaran modern yang lebih menekankan pengertian dan proses.

    ReplyDelete
  71. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Memang benar pendidikan di Indonesia belum mempunyai bentuk dan masih mencari bentuk. Pergantian kurikulum dan kebijakan misalnya adalah cerminan dari pencarian bentuk tersebut. Diharapkan untuk kedepannya pendidikan di Indonesia akan mencapai tingkat public educator yang sesuai dengan ideologi pancasila bangsa Indonesia, dimana demokrasi, aktivitas sosial, kebebasan, dan keadilan dapat tercapai.

    ReplyDelete
  72. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B
    Berbagai macam ideologi lahir di dunia dan masing-masing selalu berusaha untuk menjadi fondasi dunia agar segala kepentingannya dapat terpenuhi dan diakomodir oleh seluruh Negara di dunia. Pendidikan Indonesia saat ini sedang mengalami pengikisan identitas dan terbawa arus sekte dunia. Saya tertarik dengan konsep Public Educator di atas, karena saya menganggap bahwa ruh dari pendidikan Indonesia dapat terwakili. Pada dasarnya pendidikan Indonesia didirikan atas dasar kepentingan public yang dibantu dengan keterlibatan public di mana di dalamnya terdapat unsur-unsur demokrasi, aktivitas sosial (gotong royong) dan keadilan terhadap tiap-tiap individu.

    ReplyDelete
  73. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Sudah semestinya kita mengupayakan sesuatu yang ideal, termasuk di dalamnya ialah pendidikan. Postingan di atas membuka mata saya jika pendidikan di Indonesia masih jauh dari posisi ideal. Statement menarik dan menusuk, ketika saya membaca jika Indonesia ialah negara yang sedang mencari bentuk. Pada peradaban saat ini, di tengah kencangnya gonjang ganjing globalisasi berikut segala godaan di dalamnya, kita masih diselibukkan dengan mencari bentuk. Adalah hal wajar jika dalam pencarian bentuk ini bisa saja kita terkontaminasi unsur unsur yang tidak sesuai dengan kearifan lokal, salah satunya dengan munculnya internasionalisasi.
    Lewat postingan di atas, saya memperoleh informasi jika pendidikan di Indonesia saat ini cenderung pada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis, sedangkan idealnya pendidikan di Indonesia ialah pendidikan yang demokratis.
    Fakta yang menarik, salah satunya ialah industrial trainer. Apakah pendidikan di Indonesia memiliki orientasi yang sama dengan sistem industri?
    Technological pragmatis, apakah pendidikan di Indonesia berisikan orang orang yang "kesurupan" teknologi?

    ReplyDelete
  74. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Cita-cita bangsa Indonesia untuk mewujudkan pendidikan yang berlandaskan demokrasi pancasila kian kabur mengingat praktek-praktek yang terjadi malah membatasi kreativitas siswa. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan meng-instantkan banyak proses sehingga nilai-nilai yang seharusnya ada malah tidak terbangun. Tidak selamanya yang instan itu pilihan yang baik karena selain melemahkan kreativitas juga berpotensi meracuni pikiran siswa sehingga siswa tumbuh dengan sosial dan nasionalisme yang rendah. Namun kita tidak dapat menghindari dunia kontemporer. Yang dapat kita lakukan hanyalah membantengi diri dengan kecerdasan dan kekritisan serta memperdalam spiritual sebagai modal dalam mem-filter dan menghadapi tipu daya dunia kontemporer.

    ReplyDelete
  75. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017

    Adanya pembagian seperti industrial technologist dan lain lain itu menurut saya cukup baik karena untuk saat ini pembagian tersebut masihlah berlaku dan tidak tergantikan, mungkin hingga 200 tahun lamanya, hingga mungkin suatu hari nanti akan ada perubahan secara masif dant terstruktur.

    ReplyDelete
  76. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Menurut Paul Ernest, era pendidikan dunia dibagi menjadi 5 era, era industrial trainer, technological pragmative, old humanism, progressive educator, dan public educator. Kelima era ini di sini dapat ditinjau dari segi politik, matematika, dan nilai moral yang ada. Dilihat dari segi perkembangan matematika, matematika di berkembangan dari matematika sebagai body of knowledge, science of truth, structure of truth, process of thinking, dan social activities. Pada era konteporer dunia pendidikan di indonesia dapat mencapai pada 3 era yaitu Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism). Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila. Proses dimana 5 era merupakan proses dalam dunia pendidikan berlangsung, dengan jalanyang ditempuh merupakan jalan panjang karena pendidikan itu adalah proses, dan tidak bisa diharilkan dengan jangka pendek harus berkesinambungan untuk menuju indonesia emas. dalam mengubah pendidikan yang ada di Indonesia harus melalui proses yang panjang,karena pendidikan itu merupakan hal yang kompleks, dari pembangunan, administrasi, pelaku dan pembelajar pendidikan.

    ReplyDelete
  77. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Dari tabel mengenai peta pendidikan yang disusun oleh Prof. Marsigit terdapat lima macam peta pendidikan menurut Paul Ernest, yaitu: Industrial Trainer, Technological Pragmatist, Old Humanist, Progressive Educator, dan Public Educator. Industrial trainer terdiri dari dua kata yaitu industrial dan trainer. Industrial merupakan usaha dimana untuk menghasilkan sesuatu yang dapat dimanfaatkan. Adapun kata trainer atau pelatih, yang berarti sebagai penyampai pengetahuan. Jika kedua kata tersebut tersebut digabung maka industrial trainer dapat diartikan sebagai pengajar yang ingin meningkatkan pengetahuan siswa dalam bidang tertentu agar dapat dimanfaatkan untuk kedepannya.

    ReplyDelete
  78. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Idealnya, pendidikan di Indonesia adalah pendidikan yang demokrasi. Namun, dari paparan bapak dalam postingan ini mnunjukkan bahwa negara kita masih berada pada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Keadaan pendidikan memprihatinkan, ditambah lagi dengan krisis moral yang sedang dialami oleh generasi-generasi bangsa. Perlu proses perubahan untuk pendidikan di Indonesia, mulai dari paradigma pendidikan, perubahan mental, kebijakan, birokrasi dan sebagainya.

    ReplyDelete
  79. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B
    Pendidikan Indonesia saat ini masih bergelut, untuk mencari bentuk yang tepat. Hal itu dapat dilihat dari seringnya pendidikan di Indonesia masih berganti-ganti kurikulum. Proses pencarian ini berarti Indonesia punya harapan untuk lebih baik dan harus didukung dari berbagai elemen masyarakat, orang tua, siswa, dan guru. Hal itu karena jika hanya kurikulumnya saja yang berubah maka tidak akan memberikan perubahan besar bagi pendidikan. Terimakasih

    ReplyDelete
  80. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dari peta di atas telah dijelaskan bahwa tiga kolom paing kiri merupakan implementasi dari pendidikan orang dewasa atau ilmu murni sedangkan dua kolom di kanannya merupakan pendidikan anak atau siswa. Tiga kolom di kiri merupakan apa yang dijalani oleh orang dewasa terutama para ahli ilmu seperti di universitas. Sedangkan dua kolom di kanannya merupakan apa yang dijalani oleh siswa di sekolah dari jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah. Idealnya orang dewasa menjalani pendidikan dewasa yang berorientasi pada ilmu murni, sedangkan anak-anak menjalani pendidikan anak-anak yang berorientasi pada kegiatan.

    Dewasa ini tak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia, menerapkan pendidikan dewasa kepada anak-anak atau siswa sekolah. Di sekolah langsung diajarkan ilmu abstrak tanpa adanya jkegiatan yang membuat siswa membangun sedniri pengetahuannya. Akibatnya siswa mungkin hanya pandai dalam teori saja namun tida dalam kehidupan sosialnya dalam menerapkan ilmu tersebut. bahkan sebaian besar justru tidak belajar dengan baik dan cenderung menghafal materi pelajaran tanpa mengetahui esensinya. Sehingga kurang bermana dan mudah dilupakan. Semoga kita sebagai calon pendidik tida melakukan kesalahan yang demikian.

    ReplyDelete
  81. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Pendidikan di dunia memiliki berbagai macam jenis dan sistemnya. Dengan adanya peta pendidikan dunia ini, mempermudah Indonesia untuk menentukan mau kearah mana pendidikan mau dibawa. Karena Indonesia merupakan negara berkembang dan masih mencari bentuk sistem pendidikan, maka masih diperlukan banyak analisis guna untuk mengetahui sistem manayang cocok untuk Indonesia.

    ReplyDelete
  82. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Pendidikan Indonesia saat ini belum mampu mencerminkan pendidikan yang sesuai dengan ideology yang dianutnya yaitu demokrasi. Pendidikan seperti itu hanya tertuang dalam dokumen-dokumen formal akan tetapi dalam praktek nyata dilapangan pendidikan demokrasi masih jauh di depan. Pendidikan Indonesia secara sadar atau tidak sadar sudah terjebak dalam perangkap sang power now, sehingga pembelajaran yang seharusnya berorientasi pada siswa namun kenyataanya pembelajarannya masih beriorientasi pada ilmunya orang dewasa atau ilmu murni. Sekian dan Terima kasih
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  83. Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013


    terimakasih pak untuk ilmunya
    lagi-lagi saya semakin tertarik untuk belajar bagaimana pendidikan khususnya di Indonesia
    karena sepengetahuan saya, dikarenakan Indonesia negara kepulauan
    banyak pula perbedaan sistem pengajaran di Indonesia
    apalalagi untuk di daerah pedalaman, yang masih sulit aksesnya untuk sampai kesana
    saya, belum bisa memberikan tanggapan berdasarkan artikel diatas, karena masih kurangnya ilmu saya pak
    maaf sebelumnya dan terimakasih untuk ilmu baru yang menjadi referensi untuk saya

    ReplyDelete
  84. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dunia pendidikan Indonesia saat ini bisa dibilang masih dalam upaya untuk mencapai cita-citanya, yakni pendidikan yang berlandaskan Pancasila. Jika dikaitkan dengan peta pendidikan dunia 1 ini, bisa dikatakan hendak menuju politik pendidikan demokrasi. Dimana setiap insan pendidikan diberi kebebasan untuk berkarya dan berinovasi dengan kreativitas masing-masing, namun tetap berlandaskan dengan Pancasila.

    ReplyDelete
  85. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Menarik sekali melihat tabel dan penjelasan di atas sambil berandai-andai dan mengevaluasi sendiri. Apa sebenarnya yang terjadi di Indonesia?
    Hmmm, ya saya setuju bahwa pendidikan kita ada di 3 kolom kiri. Lebih banyak berisi struktur-struktur dan pengetahuan alam. Belum banyak berisi aktivitas siswa.. sebenarnya bukan mana yang lebih baik dan buruk,hanya saja harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Karena siswalah yang memiliki kepentingan untuk pendidikan. Bukan orang-orang yang menjabat di sana dan menentukan output tiap anak harus sama..

    ReplyDelete
  86. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Sistem Indonesia sekarang ini menurut Peta Pendidikan Dunia dari Prof. Marsigit mengarah kepada Industrial Trainer, Technological Pragmatism, dan Old Humanism. Akan tetapi, dengan adanya perubahan-perubahan kurikulum ini diharapkan suatu saat Indonesia akan mengarah ke Public Educator, karena hal ini sesuai dengan Indonesia yang menjunjung demokratis.

    ReplyDelete
  87. Dari tabel diatas menunjukan hubungan antara pelatihan industri, teknologi pragmatis, Old humanist, progresif pendidik, pendidikan umum dengan ppolitik, matematika dan nilai moral. menurut pendapat salya, hubungan terbaik akan ada jika masyarakat diberikan pendidikan terkait dengan nilai-nilai moral. Ini akan memiliki dampak pada keadilan dan sebuah kebebasan.

    ReplyDelete
  88. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Pendidikan adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam membangun negara menuju negara yang maju. Salah satu pendidikan yang ideal dengan menganggap matematika sebagai social activities. Maka dari itu pembelajaran di kelas harus menekankan pasda pemeblajaran berbasis aktivitas, termasuk dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  89. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Pendidikan di Indonesia masih membutuhkan kekonsistenan dalam menerapkan kebijakan, ada kecenderungan bahwa setiap pergantian pemerintahan maka berganti pula kurikulumnya. Kurikulum baru sedang akan dijalankan namun karena pergantian pemerintahan maka kemudian kurikulum warisan orde sebelumnya itu dihentikan. Jadi pendidikan di Indonesia banyak waktu yang terbuang hanya untuk beradaptasi dengan apa maunya pemerintah, yang satu belum berjalan dengan baik, sudah diganti lagi karena pergantian sistem pemerintahan.

    ReplyDelete
  90. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Keegoisan seseorang harus dibuang jauh-jauh dalam dunia pendidikan. seseorang yang berkecimpung di dunia pendidikanharus siap untuk mengutamakan peserta didik ereka ditimbang dengan diri mereka sendiri. Memang benar adanya jika mau menajdi orang yang kaya, maka janganlah menjadi pendidik seperti guru, karena guru itu lebih pada mengajar karena ikhlas bukan untuk memperoleh sesuatu yang mereka inginkan.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  91. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari penjelasan tabel macam-macam pendidikan yang ada didunia, Pendidikan di Indonesia masih pada tahap Indutrial Trainer, Technologion, dan old humanis. yang memang pada kenyataanya politiknya masih radika, matematika yang dipelajari yaitu suatu pengetahuan. Nilai moralnya disini baik dan buruk yang menurut saya disini yang masih baik dan relevam moral valuenya erdasar pada apa yang dilandaskan memang itu benar dan salah, bukan pada benar dan salahnya manusia, tapi kebenaran yang mutlak dari Tuhan. Sehingga yang diharapkan yaitu pendidikan matematika yang berdasarkan pada aktivitas sosial kehidupan sehari-hari ini yang perlu sangat diterapkan.

    ReplyDelete
  92. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    sistem pendidikan di Indonesia saat ini masih termasuk memprihatinkan, bisa dilihat bahwa pendidikan di Indonesia masih dapat dikatakan kurang kejam. sangat mudah bagi siswa untuk lulus tanpa dia benar-benar tau materi yang disampaikan, entah harus dengan cara apa pendidikan di Indonesia harus diukur. seharusnya siswa dikatakan lulus atau naik kelas jika siswa tersebut benar-benar paham dan lulus standar evaluasi. bagaimana jika sistem pendidikan di Indonesia bukan disesuaikan dengan usia, namun disesuaikan dengan kemampuan yang ia miliki.

    ReplyDelete
  93. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Dalam pendidikan dapat dipetakan menjadi beberapa golongan yaitu industrial trainer, pragmatism, old humanism, progressive educator, dan public educator. Pada bagian atau golongan public educator matematika adalah aktivitas sosial. Ini berarti bahwa matematika untuk siswa harus menjadi sebuah aktivitas. Matematika harus berupa kegiatan. Untuk mewujudkannya, guru dituntut agar dapat menciptakan suatu pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa.

    ReplyDelete
  94. dalam kolom public educator juga disebutkan politik demokrasi dan moral value justice, freedom. Guru harus memperhatikan politik demokrasi yang berlandaskan pancasila. Guru tidak boleh membatasi siswa, guru tidak boleh bersifat otoriter. Guru yang otoriter hanya akan membatasi kebebasan siswa dalam berkreativitas. Sehingga, guru harus belajar untuk tidak bersikap otoriter pada siswa dan dapat menjadi fasilitator yang baik.

    ReplyDelete
  95. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Berdasarkan peta 1 pendidikan dunia tersebut kita dapat mengetahui bahwa pada masyarakat industrial trainer, matematika dianggap sebagai body of knowledge. Pada masyarakat technological pragmatis, matematika dianggap sebagai science of truth. Pada masyarakat old humanis, matematika dianggap sebagai structure of truth. Pada masyarakat progressive educator, matematika dianggap sebagai proses berpikir. Sedangkan pada masyarakat public educator, matematika dianggap sebagai aktivitas sosial. Jika dilihat jenis politik yang digunakan yaitu demokrasi maka Indonesia seharusnya menuju ke masyarakat Public educator yang menganggap matematika sebagai aktivitas.

    ReplyDelete
  96. Bulan NUri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Sistem pendidikan di Indonesia memang masih jauh jik amau dibandingkan dengan negara lain. Banyak faktor yang melatar belakangi hal ini. Namun lebih dari itu semua, Point penting yang harus menjadi perhatian yaitu membawa arah pendidikan di Indonesia kearah pendidikan karalter yang terlaksana dan bukan hanya sebagai isi dari kurikulum saja.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  97. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. dari tabel diatas dapat dilihat bahwa paul ernest membagi matematika menjad bentuk body of knowledge, science of truth, structure of truth, process of thinking dan social activities. Di Indonesia matematika baru dilihat sebagai body of knowledge, science of truth, structure of truth. Matematika belum dilihat sebagai aktivitas sosial, sehingga matematika yang diajarkan di sekolah masih dipisahkan dari kegiatan sehari-hari. Padahal jika guru ingin melakukan inovasi pendidikan harus melibatkan kegiatan sehari-hari di lingkungan siswa

    ReplyDelete
  98. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B

    Sistem pendidikan di negara kita saat ini sedang diusahakan untuk menuju perubahan yang lebih baik. Pemerintah juga sedang berjuang untuk mewujudkan perubahan itu, dan dibantu oleh para guru, dan pakar pendidikan. hanya saja yang peru di kuatirkan adalah pihak-pihak atau individu-individu yang berusaha meraup keuntungan atau mengeksploitasi dari proyek-proyek dengan melakukan kamuflase, seolah-olah terlihat seperti proyek untuk melakukan perubahan, namun dibaliknya ada maksud tersembunyi yang hanya akan merugikan negara. hal seperti ini yang harus diwaspadai.

    ReplyDelete
  99. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Sistem Pendidikan Indonesia mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu: Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis, yang merupakan representasi Dunia Kontemporer.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  100. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Sebenarnya Pendidikan di Indonesia harusnya mengarah Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaimana tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  101. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Tabel ini menunjukkan hubungan antara pelatih Industri, Pragmatisme teknologi, humanis Old, Progressive Educator, Educator Umum dengan politik, matematika, dan nilai moral. Menurut pendapat saya, hubungan terbaik ada jika pendidik publik yang terkait dengan nilai-nilai moral. Ini akan berdampak pada keadilan dan kebebasan.

    ReplyDelete
  102. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Berdasarkan pemahaman saya terhadap peta pendidikan di atas, Di dunia, ada lima kelompok yang memiliki tujuan berbeda dalam pendidikan. Yang pertama dari group industrial trainer, tujuannya adalah untuk menciptakan politik yang benar radikal, menjadikan matematika sebagai badan pengetahuan, dan menciptakan nilai moral yang baik vs buruk melalui pendidikan. Kemudian, dari kelompok Teknologi Pragmatis, tujuannya adalah untuk menciptakan politik konservatif, menjadikan matematika sebagai ilmu kebenaran, dan menciptakan nilai moral pragmatisme. Dari kelompok humanis lama, tujuannya adalah untuk menciptakan politik konservatif atau liberal, menjadikan matematika sebagai struktur kebenaran, dan menciptakan nilai moral dari hierarki paternalistik. Dari kelompok pendidik progresif, tujuannya adalah untuk menciptakan politik liberal, menjadikan matematika sebagai proses berpikir, dan menciptakan nilai moral kemanusiaan. Kemudian yang terakhir adalah dari pendidik masyarakat kelompok, tujuannya adalah untuk menciptakan politik yang demokratis, menjadikan matematika sebagai kegiatan sosial, dan menciptakan nilai moral keadilan dan kebebasan.

    ReplyDelete
  103. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P.Mat A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Mengingat Pancasila adalah salah-satu ideologi yang unik di dunia yang menurut beberapa pandang mencakup dan toleransi pada odeologi-ideologi humanis lainnya, sehingga memunculkan pertanyaan dari saya, “di antara yang tercakup dalam peta pendidikan di atas, manakah bagian yang mengarah pada ideologi pancasila? Dan bagaimana posisi pancasila dalah khazanah pengetahuan ideologi pendidikan di dunia?

    ReplyDelete
  104. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Peta pendidikan dunia yang di gambarkan Prof Marsigit dari Paul ernest menunjukan bahwa membetuk manusia menjadi manusia yang berguna dimasa depan. Bukan memberdayakan manusia agar mereka bisa mempersiapkan dan menjalani masa depan. Indonesia sebagai negara yang sedang membangun tak kalah berbeda menghadapi era pendidikan. Di mana proses yang dilakukan lebih ke arah 3 kolom yang sebelah kiri. Yang pada ujungnya nanti akan mendekatkan pada pola hidup kapital, liberal, bahkan hingga hedonisme. Sungguh ini tidak sesuai dengan dasar negara kita dan adat Indonesia yang saling tolong menolong.

    ReplyDelete
  105. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Saya setuju dengan pernyataan bahwa masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Bisa dibilang kita masih mencari jati diri, dan kita lebih sering berganti tanpa mau melihat dulu kualitas output yang dihasilkan. Indonesia masih berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para kapitalisme, hedon, pragmatisme, materialisme, dan utilitarianisme. Sehingga idealnya, pendidikan di Indonesia sedang mengarah atau menuju ke politik demokrasi, demi mendapatkan generasi pemimpin yang semakin baik dan lebih baik, dan itu juga bentuk usaha mewujudkan cita-cita dalam negara yang berdemokrasi pancasila.

    ReplyDelete
  106. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Banyak harapan yang ingin diwujudkan dalam membangun pembelajaran efektif di sekolah (terutama di Indonesia). Dengan segala keterbatasan yang masih dirasakan sebagian sekolah, pembelajaran diharapkan tetap menjadikan siswa untuk belajar (student-centred) dan guru sebijaksana mungkin menjadi fasilitator yang membantu jika dibutuhkan. Karena sesuai penjaban peta di atas, pembelajaran matematika yang dirasa efektif itu jika siswa (dalam hal ini berperan sebagai educator) melakukan process of thinking. Kegiatan ini meliputi bagaimana siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri dari hasil pengamatan objek yang ada. Tanpa melupakan bahwa bentuk pembelajaran juga menyangkut masalah sosial, di mana iklim kelas pun harus diperhatikan dengan segala keberagaman karakter siswa.

    ReplyDelete
  107. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Tabel ini menunjukkan hubungan antara pelatih Industri, Pragmatisme teknologi, humanis Old, Progressive Educator, Educator Umum dengan politik, matematika, dan nilai moral. Menurut pendapat saya, hubungan terbaik ada jika pendidik publik yang terkait dengan nilai-nilai moral. Ini akan berdampak pada keadilan dan kebebasan.

    ReplyDelete
  108. Addin D.N.A. Muhajir
    15301241037
    Pendidikan Matematika i 2015 - S1

    Peta pendidikan dunia yang dipaparkan oleh Bapak sangat bermanfaat bagi mahasiswa pendidikan S1, yang pada dasarnya hanya mempelajari pendidikan Indonesia, tanpa memahami peta pendidikan global. Memang secara ideal, sistem pendidikan di Indonesia seharusnya mengarah ke kolom sebelah kanan, namun hingga saat ini, 'process of thinking' belum terimplementasi kepada siswa di Indonesia walau kurikulum pendidikan Indonesia sudah mengiblat ke arah tersebut.

    ReplyDelete
  109. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Dari tabel sistem pendidikan diatas, menurut saya sistem pendidikan yang sesuai dengan kondisi Indonesia saat ini yaitu industrial trainel,public educator dan technological pragmatism. Ketiga sistem pendidikan ini sesuai dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini.

    ReplyDelete
  110. Febriana Putri Hutami
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241007
    Dengan mengetahui peta pendidikan dunia, dapat diketahui dimanakah posisi pendidikan di Indonesia. Walaupun Indonesia masih mencari bentuk pendidikan, namun tujuannya sudah jelas yaitu pada tabel paling kanan, karena politik di Indonesia pun mengacu pada demokrasi, yaitu demokrasi pancasila. Menurut saya dalam mencari bentuk pendidikan, Indonesia akan terpengaruhi oleh bentuk pendidikan negara-negara lain, karena mengingat saat ini sedang berada pada era globalisasi yang mana tidak ada batasan wilayah, sehingga pengaruh-pengaruh pendidikan dari negara lain dapat masuk ke Indonesia. Sehingga jika Indonesia mengadaptasi pendidikan negara lain, perlu menyesuaikan karakteristik bangsa.

    ReplyDelete
  111. Siti Efiana
    S-1 P. Matematika I 2015
    15301241029

    Terima kasih atas sharing artikelnya, Prof. Saya setuju bahwa Indonesia saat ini cenderung pada 3 kolom sebelah kiri meskipun pada kurikulumnya sudah berusaha merencanakan sebelah kanan. Mengganti paradigma pembelajaran memang bukanlah hal yang mudah, ahkan, kurikulum 2013 yang sudah diterapkan sejak 5 tahun lalu seringkali masih terdapat penyimpangan dalam pelaksanaannya. Akan tetapi, mencapai tabel paling kanan kanan juga bukan sesuatu yang mustahil, mengingat bahwa Indonesia juga telah menerapkan ideologi demokrasi pancasila sejak lama. Namun, tentu saja diperlukan kerja sama dari semua pihak dan kekonsistenan dalam implementasi kurikulum.

    ReplyDelete
  112. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1 Pendidikan matematika A 2015

    Sistem pendidikan di Indonesia memang belum memiliki bentuk yang jelas, terlihat dari masih sering bergantinya kurikulum yang di terapkan di Indonesia. Apabila dilihat dari kurikulum yang diterapkan di Indonesia saat ini yaitu kurikulum 2013 yang mendorong untuk siswa lebih aktif atau bersifat student center seharusnya pendidikan di Indonesia mencirikan pada dua kolom yang paling kanan (berusaha menginovasi pendidikan berorientasi pada sisiwa).

    ReplyDelete
  113. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Terimakasih Prof. Keadaan pendidikan Indonesia yang mulanya mencirikan pada tiga kolom sebelah kiri dan sekarang pendidikan Indonesia sudah mulai menuju pada dua kolom sebelah kanan. Hal tersebut dapat dilihat dari perubahan-perubahan kurikulum yang terjadi. Mulanya pembelajaran di Indonesia lebih berorientasi pada guru, namun adanya perubahan kurikulum yaitu kurikulum 2013, pembelajaran sekarang mulai berubah menuju pembelajaran yang berorientasi pada aktiivtas siswa.

    ReplyDelete
  114. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Terima kasih Prof. atas informasi dan ilmunya yang telah dibagikan. Menurut saya semakin bertambahnya usia sistem pendidikan yang ada di Indonesia, semakin nampak perubahan menuju keidealan dalam beberapa lini dunia pendidikan. Hal tersebut ditunjukkan oleh peta pendidikan dunia yang disajikan pada artikel di atas, yang menunjukkan bahwa keadaan pendidikan di Indonesia mengalami perubahan sesuai teori-teori yang dianggap ideal selama ini di dunia pendidikan. Termasuk di dalamnya perubahan kurikulum yang tercermin di Kurikulum 2013 yang berfokus pada student centered ketimbang teacher centered. Yangmana hal tersebut mencerminkan kebebasan berpikir dan berpendapat dalam konteks pendidikan yang demokratis.

    ReplyDelete
  115. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Hal menarik yang saya perhatikan di sini bahwa pendidikan di Indonesia belum memiliki bentuk yang pasti. Melalui kurikulum 2013 pemerintah mengimbau kepada guru-guru di sekolah untuk mengubah pola pembelajaran menjadi student center akan tetapi realita di lapangan menunjukkan masih banyak guru yang belum mampu menerapkan kurikulum 2013 dengan sempurna. Masih ada beberapa guru yang memiliki pola piker yang penting sisw adapat mengerjakan soal dengan benar dan mendapat nilai yang baik di setiap ujiannya. Inilah yang harus diperjuangkan oleh para calon guru di Indonesia agar mampu membawa pelajaran menjadi bermakna.

    ReplyDelete
  116. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    Dari peta tersebut, saya sependapat dengan prof bahwa bentuk dari Sistem Pendidikan Indonesia mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri. Dan untuk saat ini Indonesia sudah menuju ke kolom paling kanan, dalam hal politik Indonesia sudah demokratis, dalam hal matematika, Indonesia sedang berada pada kolom ke 4 yaitu process of thinking, karena siswa sekarang ditujukan bahwa belajar matematika berasal dari aktivitas sehingga menjadikan pengalam matematika untuk mereka

    ReplyDelete
  117. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas peta pendidikan dunia. Dengan peta pendidikan dunia tersebut, kita bisa mengetahui dimana letak pendidikan Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan Indonesia dipusatkan pada kegiatan aktivitas siswa. Pada peta atau tabel, pendidikan Indonesia akan menuju ke kolom kanan. Seperti yang dikatakan, karena Indonesia berlandaskan demokrasi pancasila, maka pendidikan Indonesia pun mengarah pada mewujudkan Demokrasi Pancasila.

    ReplyDelete
  118. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    Hal menarik dari uraian di aats adalah sistem pendidikan di Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas. Selain itu sistem pendidikan di Indonesia mengarah kolom sebelah kiri. Dari kolom sebelah kiri dapat terihat bahwa orientasi belajar tidak sepenuhnya berpusat pada siswa. Masih lebih banyak berpusat kepada guru. Harapannya semoga ke depan sistem pendidikan yang ada di indonesia benar-benar berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  119. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Dari artikel tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa arah pendidikan suatu bangsa dipengaruhi oleh tujuan bangsa tersebut. Seperti bangsa kita, Indonesia yang bercita-cita mewujudkan demokrasi Pancasila membuat tujuan pembelajaran di Indonesia juga mengarah pada demokrasi. Meskipun sistem pendidikan Indonesia telah mengalami berbagai perubahan, pendidikan Indonesia saat ini telah mengarah pada demokrasi. Hal ini ditunjukkan pada penerapan Kurikulum 2013 yang berfokus pada siswa, memberikan kesempatan bagi setial siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri, menyampaikan pendapatnya, dan bertanya.

    ReplyDelete
  120. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  121. Eka Susanti
    NIM. 15301241006 Pendidikan Matematika I 2015

    Indonesia masih mencari bentuk pendidikannya. Menurut artikel di atas, pendidikan Indonesia masih terletak pada 3 kolom sebelah kiri. Hal ini dikarenakan Indonesia masih menggunkaan cara-cara konvesional dalam mengajar. Saya setuju dengan pendapat saudara Diky, dengan diberlakukannya kurikulum 2013 diharapkan pendidikan Indonesia akan berkembang dan semakin bergerak mendekati kolom sebelah kanan

    ReplyDelete
  122. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Kolom sebelah kanan menunjukkan pendidikan yang ideal. Indonesia bergerak menuju sistem pendidikan yang sesuai dengan kolom sebelah kanan yaitu Demokrasi Pancasila. Pendidikan seharusnya mengajarkan nilai-nilai demokrasi kepada siswanya agar nila-nilai tersebut dapat mengakar dalam diri siswa dan menumbuhkan perilaku yang terpuji dan berakhlak.

    ReplyDelete
  123. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Terimakasih prof, atas artikelnya. Dari artikel tersebut diketahui bahwa posisi pendidikan di Indonesia menurut peta 1, bahwa Indonesia masih dalam tehap berproses untuk mewujudkan Demokrasi Pancasila. Dimana pada saat kini, Indonesia masih terdapat paka tiga kolom dari kiri yaitu: Industrial Trainer, Tevhnological Pramantis dan Old Humanis. Dimana ketiga kelompok tersebut mengimplementasikan pendidikan sebagai tradisional dan konvenasional. Sehingga seiring dengan perkembangan jaman, diperlukan adanya perubahan pendidikan yaitu yang berorientasi kepada siswa seperti pada Demokrasi Pancasila diatas.

    ReplyDelete
  124. Nur Sholihah
    15301241020
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Sejauh ini pendidikan di Indonesia masih bisa dibilang sedang mencari jati dirinya, terbukti dengan adanya perubahan kurikulum yang sering terjadi. Namun, kurikulum 2013 yang sudah baik ini semoga dapat mengantarkan pendidikan indonesia menemukan jati dirinya. Hingga saat ini, pendidikan indonesia masih berada pada 3 kolom sebelah kiri. Tugas kita sebagai guru, dengan sudah adanya kurikulum 2013 yang bagus ini harus diimplementasikan dengan sesuai pula agar pendidikan Indonesia semakin baik lagi.

    ReplyDelete
  125. Nur Sholihah
    15301241020
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Mengenai idealnya pendidikan Indonesia saya setuju jika pendidikan di Indonesia idealnya mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya. Politik demokrasi ini merupakan salah satu perwujudan kita terkait demokrasi pancasila yang sudah menjadi cita-cita bersama bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  126. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Saya setuju dengan Prof. Marsigit bahwa mengenai sistem pendidikan di Indonesia masih dalam tahap mencari jati diri. Kurikulum di Indonesia masih seringkali berubah. Diharapkan sistem pendidikan di Indonesia mampu memberikan inovasi pendidikan yang berorientasi atau berpusat pada siswa, sehingga pembelajaran matematika menjadi lebih bermakna bagi siswa.

    ReplyDelete
  127. Yuni Pratiwi
    15301241005
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Berdasarkan tabel peta pendidikan yang dirancanng Rrof Marsigit diatas, secara garis besar terdapat 5 sistem pendidikan di dunia yaitu industrial trainor, technological pragmatise, old humanisme, progressive educator, dan public educator. sedangkan untuk sistem pendidikan di Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas, namun mengarah pada industrial trainor, technological pragmatise, old humanisme. akan tetapi tidak mengarah kepada cita-cita demokrasi pancasila. diaman seharusnya sistem pendidikan Indonesi mengarah pada progressive educator dan public educator yang berusaha memberikan inovasi pendidikan yang berorientasi kepada siswa.

    ReplyDelete
  128. Rina Musannadah
    15301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Walaupun pendidikan di Indonesia ingin mencapai tahap Public Educator, namun pada faktanya pendidikan di Indonesia masih mengarah kepada Industrial Traineer, Technoligal Pragmatis, dan Old Humanist yang dikatakan merupakan representasi dunia kontemporer atau power now.
    Kurikulum yang diterapkan di pendidikan Indonesia saat ini pun sudah mengarah pada Proggresiv dan Public Educator, hal ini ditunjukkan oleh kurikulum 2013 yang berorintasi pada student centered. Sehingga bukan hal yang mustahil, Indonesia dapat mencapai tahap Public Educator, nmaun diperlukan dukungan dari berbagai pihak untuk mewujudkannya.

    ReplyDelete
  129. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Betul prof. Saya setuju, sudah saatnya pendidikan Indonesia mengarah pada inovasi pendidikan berorientasi kepada siswa, dan saya amati hal ini sudah mulai diupayakan oleh pemerintah dan seluruh elemen pendidikan seperti universitas, dosen, dan pendidik.

    ReplyDelete
  130. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Paradigma 3 kolom dari kiri sudah saatnya ditinggalkan karena sudah tidak sesuai dengan kebutuhan zaman dan Paradigma 2 kolom dari kanan yang harus selalu kita terapkan dan kembangkan di kehidupan sehari-hari. Hal yang paling membuat saya tertarik adalah process of thinking dan sosial acativity karena belajar pada hakikatnya bukanlah proses mendapatkan pengetahuan yang bersifat kaku akan tetapi proses mengembangkan kemampuan berfikir dan bagian yang sangat penting dalam interaksi sosial.

    ReplyDelete