Nov 8, 2014

Peta 1 - Peta Pendidikan Dunia _ Dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 1).

Catatan: Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Tetapi bentuk dari Sistem Pendidikan Indonesia mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu : Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis, yang merupakan representasi Dunia Kontemporer atau Power Now; kenapa?, karena baru hanya sampai di situlah kemampuan kita dibanding dengan Dunia Kontemporer, sehingga tidak ada jalan lain bagi Indonesia kecuali menapaki jalan setapak mereka untuk menuju masa depan. Itulah pernah diwaktu yang lampu Pendidikan Dasar diarahkan menuju Back to Basic (tak usah macam-macam, anak SD yang penting cukup bisa Baca, Tulis, dan Hitung). Tiga Kolom kiri, mengimplementasikan Pendidikan sebagai Tradisional/Konvensional, sentralistik dan mendefinisikan Subjek Ilmu sebagai Body of Knowledge, Science of Truth dan Structure of Truth, dan ini sejalan/selaras dengan dunianya para Ilmuwan Dasar (Basic Science) yang bersifat Formal seperti Matematika Murni, Fisika Murni, Biologi Murni dan Kimia Murni, yang kemudian mereka diangkat menjadi Anak Emas nya Power Now untuk eksploitasi Dunia. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism). Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila.

11 comments:

  1. Junianto
    17709251065
    PM C

    Kalau berbicara tentang pendidikan di Indonesia tentu masih perlu banyak evaluasi dan peningkatan. Berdasarkan catatan ini, Indonesia sekarang sedang mencari bentuk pendidikan kita. Benar memang, karena itulah yang terjadi sekarang ini kurikulum yang di evaluasi secara berkala menunjukkan itu dan menunjukkan pula adanya semangat perbaikan pendidikan yang sangat tinggi. Tetapi itu semua tidak akan terwujud tanpa bantuan berbagai elemen masyarakat. Tanpa kesadaran pendidik, siswa, orang tua, tenaga sarpras, dsb, semangat perbaikan itu juga akan sia-sia.

    ReplyDelete
  2. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Berdasarkan pemahaman saya berdasarkan peta pendidikan di atas, Di dunia, ada lima kelompok yang memiliki tujuan berbeda dalam pendidikan. Yang pertama dari group industrial trainer, tujuannya adalah untuk menciptakan politik yang benar radikal, menjadikan matematika sebagai badan pengetahuan, dan menciptakan nilai moral yang baik vs buruk. Kemudian, dari kelompok Teknologi Pragmatis, tujuannya adalah untuk menciptakan politik konservatif, menjadikan matematika sebagai ilmu kebenaran, dan menciptakan nilai moral pragmatisme. Dari kelompok humanis lama, tujuannya adalah untuk menciptakan politik konservatif atau liberal, menjadikan matematika sebagai struktur kebenaran, dan menciptakan nilai moral dari hierarki paternalistik. Dari kelompok pendidik progresif, tujuannya adalah untuk menciptakan politik liberal, menjadikan matematika sebagai proses berpikir, dan menciptakan nilai moral kemanusiaan. Kemudian yang terakhir adalah dari pendidik masyarakat kelompok, tujuannya adalah untuk menciptakan politik yang demokratis, menjadikan matematika sebagai kegiatan sosial, dan menciptakan nilai moral keadilan dan kebebasan.

    ReplyDelete
  3. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Postingan ini menggambarkan sistem pendidikan Indonesia saat ini, gambaran yang dibuat oleh Bapak mengenai sistem pendidikan Indonesia. Memang benar bahwa sistem pendidikan Indonesia belum mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan masih menjadi bangsa yang mencari jati diri. Tapi dari tabel peta telah ada bayangan arah sistem pendidikan indonesia nantinya. Untuk menjadikan sistem pendidikan Indonesia yang baik, maka harus ada yang namanya perjuangan. Dan ini harus didukung oleh semua kalangan. Semoga peta sistem pendidikan Indonesia akan berjalan sesuai yang diinginkan.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Menurut Paul Ernest, pendidikan di dunia dibagi menjadi lima yaitu industrial trainer, tegnological pragmatist, old humanist, progressive educator, dan public educator. Industrial trainer mengikuti aliran radikal jika dilihat dari sisi politis, pragmatis secara teknis masuk pada politik konservatif, old humanis liberal, progressive educator juga liberal, public educator menggunakan politik demokrasi. Sebenarnya yang diinginkan Indonesia itu adalah demokrasi, tetapi dalam kenyataanya yang berkembang tidak hanya itu, semua sudah tercampuraduk dengan paham-paham yang lain, sehingga semakin lama jati diri bangsa semakin terkikis.

    ReplyDelete
  6. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Seperti yang telah diungkapkan di bacaan di atas, semestinya pendidikan kita menganut ideologi yang sesuai dengan falsafah bangsa kita,yaitu publik educator. Berbagai upaya telah dilakukan, baik dari sistem hingga praktik di lapangan untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Perubahan paradigma pembelajaran menuju pembelajaran inovatif pun tengah diupayakan. Namun, dalam kenyataannya tidak mudah untuk dapat melakukan inovasi pembelajaran. Terdapat berbagai permasalahan yang membuat kita sulit untuk benar-benar menunjung tinggi falsafah bangsa. Hal ini membuat kita hampir kehilangan jati diri bangsa kita sendiri.

    ReplyDelete
  7. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Indonesia menuju pendidikan demokrasi, Indonesia menuju sistem pendidikan ideal. Sistem ideal seperti apakah menurut pandangan pemerintah saat ini? Pendidikan sejatinya harus mempersiapkan penerus yang dapat bersaing secara internasional, untuk itu tujuan pendidikan secara nasional dan dunia harus ditetapkan dan dipahami oleh seluruh pelaksana pendidikan di Indonesia. Kendala pasti ada, namun yang paling kuat menghalangi adalah pemikiran yang sempit dan masih tertutup pada sebagian besar aktor pendidikan. Untuk mengubah secara keseluruhan dalam waktu yang singkat, sangat mustahil apabila kesadaran untuk berinovasi dan berubah tidak muncul dari dalam hati. Mungkin butuh waktu yang sangat lama untuk meletakkan Indonesia di dua kolom kanan dari peta diatas.

    ReplyDelete
  8. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Seperti yang dinyatakan oleh Prof Marsigit dalam postingan ini, bahwa pendidikan di Indonesia masih harus melakukan perjalanan jauh untuk mencapai pendidikan yang berorientasi pada siswa. Mirisnya, sistem pendidikan di Indonesia masih mengarah pada kolom Industrial trainer, technological pragmatism, dan old humanism. Sedangkan kolom yang ingin dicapai adalah progressive educator dan public educator. Indonesia baru sampai pada tahap yang mendefinisikan matematika sebagai ilmu pasti, bukan sebagai proses berpikir ataupun aktivitas sosial. Indonesia masih secara kasar mendefinisikan matematika. Hal ini sangat jelas terlihat dalam sistem pendidikan Indonesia yang 10 tahun belakangan ini masih juga memberikan matematika formal kepada siswa, bukannya matematika kontekstual. Sedangkan di negara-negara yang telah lebih maju, mereka menganggap matematika adalah aktivitas sosial, yang merupakan aktivitas yang sangat dekat dengan kehidupan mereka

    ReplyDelete
  9. Anias Safitri
    17701251038
    PEPB

    Menurut Paul Ernest, era pendidikan dunia dibagi menjadi 5 era, era industrial trainer, technological pragmative, old humanism, progressive educator, dan public educator. Kelima era ini di sini dapat ditinjau dari segi politik, matematika, dan nilai moral yang ada. Dilihat dari segi perkembangan matematika, matematika di berkembangan dari matematika sebagai body of knowledge, science of truth, structure of truth, process of thinking, dan social activities. Pada era konteporer dunia pendidikan di indonesia dapat mencapai pada 3 era yaitu Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism). Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila. Proses dimana 5 era merupakan proses dalam dunia pendidikan berlangsung, dengan jalanyang ditempuh merupakan jalan panjang karena pendidikan itu adalah proses, dan tidak bisa diharilkan dengan jangka pendek harus berkesinambungan untuk menuju indonesia emas.

    ReplyDelete
  10. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Hal yang mendasari dari suksesnya pendidikan di suatu komunitas adalah sikap untuk tidak memperoleh keuntungan dari apa yang dilakukan. Karena pada dasarnya pendidikan itu akan berjalan dengan baik jika sistem yang kita kelola berisi orang-orang yang memikirkan masa depan suatu kelompok yang besar, bukan hanya memikirkan suatu kelompok kecil dalam kelompok besar, bahkan ada juga yang hanya berorientasi pada keuntungan pribadi. Jika keadaan ini semakin berlanjut, pendidikan tidak akan berjalan dengan baik karena masih ada tujuan-tujuan tertentu yang mengiringinya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  11. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Maematika

    Assalamu'alaikum wr.wb

    ternyata ilmuwan dasar yang menjadi sasaran power now. dan negara kita menjadi sasaran empuk untuk menjalankan misi-misi mereka. sebenarnya bekal apa yang harus kita miliki untuk membentengi diri? salah satu nya mungkin dengan lebih banyak membaca. meskipun kita harus berhati-hati dengan media di masa sekarang ini, tetapi jika kia menghindar untuk membaca berita, maka kita akan sulit untuk memperoleh informasi itu

    ReplyDelete