Nov 24, 2014

Lesson Study di Universitas

Ass. Wr. Wb.


Berikut adalah Lesson Study yang diselenggarakan di Universitas. Penggalan Video berikut diambil pada Mata Kuliah "Strategi Pembelajaran Matematika" pada Program S1 Pendidikan Matematika, FMIPA, di mana setelah memelajari berbagai macam landasan, filsafat, ideologi, teori, paradigma dan menyiapkan perangkat dan model pembelajaran, para mahasiswa oleh Dosen Model diberi kesempatan untuk menyimulasikan Pembelajaran Matematika untuk SMP.

Dosen Model: Prof. Dr. Marsigit, M.A.
Counterpart: Nila Amreta Murdiani M.Sc.
Tim Lesson Study: Endah Retnowati, Ph.D. (Ketua), Dr Sugiman, dan Dr. Ali Mahmudi
Guru Model : Ilania dibantu 3 anggota tim sebagai guru bantu model.

Untuk melihat Videonya, silahkan akses:





atau


Demikian semoga bermanfaat.

Wss Wr Wb

Marsigit

8 comments:

  1. Junianto
    17709251065
    PM C

    Lesson study tidak hanya cocok diterapkan di sekolah menengah, di bangku perkuliahan pun sangat baik jika bisa diterapkan. Keefektifan pembelajaran dapat dilihat dan diukur oleh observer. Dengan demikian, kekurangan maupun ketidakefektifan mengajar dapat didiskusikan dan diperbaiki. Lesson study juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan mendidik siswa maupun mahasiswa.

    ReplyDelete
  2. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Terimakasih bapak link videonya, disini saya merasakan ikut didalam kelas tersebut. Lesson Study yang dapat bapak jalankan di bangku perkuliahan, membuka fikiran bahwa metode ini bisa diterapkan di bangku perkuliahan. Selain mengenai Lesson Study, saya mendapatkan informasi bahwa sebenarnya LKS bukan hanya sekedar lembar soal, tapi LKS akan memfasilitasi proses belajar, maka ada informasinya, ada tahap-tahapanya, ada proses berfikirnya, ada proses menemukan, dll. Sehingga LKS sangat penting dalam setiap pembelajaran.

    ReplyDelete
  3. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih pak atas sharing link tentang Lesson study diperkuliahan strategy teaching mathematics, begitu bermanfaat meski saya tidak berada di dalam kelas tersebut. Hanya dengan menyaksikan video pembelajaran ini saya turut memahami kesimpulan dari diskusi tersebut, terutama tentang LKS yang bagaimana itu seharusnya isi dan fungsi LKS tersebut kemudian bagaimana itu prinsip belajar berdasarkan potensi masing-masing siswa sehingga sebagaimana yang bapak sampaikan bahwa dalam pembelajaran itu perlu atau penting adanya variasi konten untuk mengatasi kesenjangan belajar pada siswa.

    ReplyDelete
  4. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Saya sangat menyadari sulitnya menciptakan LKS yang sempurna dari segi konten, fase-fase, dan aspek lainnya. LKS yang ditemukan kebanyakan hanya memuat persoalan-persoalan sehingga mirip dengan tugas di buku paket. Semoga kedepannya guru-guru di Indonesia sudah mulai berinovasi dalam LKS, mencurahkan kreativitas sehingga LKS tidak hanya begitu-begitu saja, setiap guru memiliki LKS dengan gaya masing-masing namun sesuai kurikulum dan tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  5. Vidiya Rachmawati
    17709251019

    Lesson study diterapkan di universitas dalam rangka mempersiapkan calon guru yang inovatif. Kegiatan ini dapat disebut sebagai salah satu bentuk pre-service teacher training. Salah satu calon guru (mahasiswa) menjadi guru model yang melaksanakan pembelajaran dan diobservasi oleh observer ( dosen, peneliti, pemerhati pendidikan, dkk). Sebelumnya dibentuk tim untuk mempersiapkan dan merancang pembelajaran tersebut. Pada akhir pembelajaran guu model bersama tim merefleksikan kegiatan belajar mengajar pada hari itu. Kemudian observer menyampaikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk pembelajaran yang lebih berkualitas.

    ReplyDelete
  6. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    sudah 2 malam saya tidak membuka blog ini Prof, rindu rasanya membuat pikiran ini menjadi bingung.
    Seperti yang kita tahu, lesson study baik sekali untuk diterapkan di dalam pembelajaran. Guru memiliki peranan penting dalam membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Akan tetapi guru tidak akan mampu menciptakan pembelajaran yang berkualitas jika hanya melakukannya sendiri tanpa ada kerja sama dengan guru lain. Lesson study merupakan wadah bagi guru untuk berkolaborasi dalam mengatasi permasalahan yang muncul di dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, hingga evaluasi. Lesson study dapat menjadi sarana untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan berdasarkan pada masalah nyata yang dihadapi. Dengan demikian, diharapkan lesson studi dapat memperbaiki kualitas guru, pembelajaran, dan hasil pembelajaran

    ReplyDelete
  7. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Materi yang disampaikan di kelas memang tidak akan tersampaikan secara menyeluruh jika guru hanya mengandalkan pengetahuan dari guru tanpa bantuan LKS. Disini LKS memberikan manfaat salah satunya agar waktu bisa dilalui secara efisien. Guru sering kali lupa atau malas untuk membuat LKS maupun bahan ajar yang dapat mendukung ke-efisien-an waktu serta kegiatan belajar siswa agar belajar tidak membosankan hanya terpaku pada penjelasan guru dan papan tulis. Kekreativan guru juga diuji ketika pembuatan LKS. Karena, ketika guru hanya menyediakan LKS saja tanpa konsep yang matang, saya sakin sekali pembelajaran tidak akan mencapai pada hasil yang maksimal, walaupun memang dengan adanya LKS tidak menjamin 100% pembelajaran akan mencapai hasil maksimal, namun dengan adanya LKS ini saya yakin pembelajaran akan lebih baik daripada tanpa adanya bahan penunjang seperti LKS.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  8. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Lesson study adalah belajar untuk mengajar. Dapat dikatakan bahwa lesson study memfasilitasi guru untuk membahas kesulitan-kesulitan yang dialami selama mengajar di kelas dan menemukan solusinya. Lesson study diprakarsai oleh negara Jepang. Dari video yang tersedia di postingan ini, dapat dilihat bahwa lesson study memiliki alur do (proses mengajar) dan see (refleksi). Kedua hal ini dilakukuan oleh siswa dan guru bersama-sama.

    ReplyDelete