Nov 24, 2014

Lesson Study di Universitas

Ass. Wr. Wb.


Berikut adalah Lesson Study yang diselenggarakan di Universitas. Penggalan Video berikut diambil pada Mata Kuliah "Strategi Pembelajaran Matematika" pada Program S1 Pendidikan Matematika, FMIPA, di mana setelah memelajari berbagai macam landasan, filsafat, ideologi, teori, paradigma dan menyiapkan perangkat dan model pembelajaran, para mahasiswa oleh Dosen Model diberi kesempatan untuk menyimulasikan Pembelajaran Matematika untuk SMP.

Dosen Model: Prof. Dr. Marsigit, M.A.
Counterpart: Nila Amreta Murdiani M.Sc.
Tim Lesson Study: Endah Retnowati, Ph.D. (Ketua), Dr Sugiman, dan Dr. Ali Mahmudi
Guru Model : Ilania dibantu 3 anggota tim sebagai guru bantu model.

Untuk melihat Videonya, silahkan akses:





atau


Demikian semoga bermanfaat.

Wss Wr Wb

Marsigit

123 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Lesson study di Jepang ini diterapkan dengan baik dan sangat dianjurkan untuk dapat diimplementasikan pada pembelajaran di Indonesia. Sama seperti pendekatan dalam proses pembelajaran, lesson study juga dapat meningkatkan kualitas dalam pembelajaran dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Lesson study yang diterapkan untuk guru-guru dalam satu bidang pelajaran juga sangat diperlukan di sekolah kita. Adanya komunikasi dengan sesama guru dibidang yang sama akan dapat meminimalisir masalah yang dihadapi oleh guru dalam satu pelajaran.

    ReplyDelete
  2. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Lesson study merupakan salah satu program pengembangan kemampuan keprofesional guru yang dikembangkan pertama kali di Jepang untuk meningkatkan kualitas guru dalam proses pembelajaran. Lesson study adalah suatu proses kolaboratif dimana sekelompok guru mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran, merencakan suatu perbaikan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran (salah satu guru dalam kelompok guru mengajarkannya, sementara guru lain sebagai pengamat), mengevaluasi dan merevisi pembelajarannya, mengajarkan pembelajaran yang telah direvisi, mengevaluasi lagi, dan berbagi (menyebarluaskan) hasilnya kepada guru-guru lain.

    ReplyDelete
  3. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Lesson Study atau studi pembelajaran banyak sekali manfaatnya dalam proses pembelajaran bagi pengajar dan yang diajarkan. suatu kegiatan pengkajian terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh para guru secara berkesinambungan yang saling bertukar informasi untuk meningkatkan keprofesionalan mereka, dalam rangka studi pembelajaran itu para guru melakukan kolaborasi untuk merencanakan pembelajaran secara bersama-sama, mengobservasi proses pembelajaran bersama-sama dan pada tahap selanjutnya mengadakan refleksi secara bersama pula. Sehingga akan mengetahui bagaimana guru mengajar dan bagaimana siswa belajar.

    ReplyDelete
  4. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Setelah membaca beberapa literatur dan menonton video yang ada dalam tulisan ini, sepertinya Lesson Study begitu menjanjikan untuk dipraktekan dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Apa lagi bila dilakukan pada tingkat Universitas yang keanggotaan Lesson Study diisi oleh dosen-dosen yang memiliki struktur dan ilmu yang tinggi. Sehingga dengan Lesson Study ini, diharapkan mahasiswa calon guru yang mengikutinya mendapatkan bimbingan bagaimana cara idealnya cara belajar, bagaimana idealnya evaluasi pembelajaran, dan bagaimana idealnya mengajar. Namun yang saya perhatikan dalam Lesson Study ini, fokus utamanya tidak hanya pada evaluasi, namun juga peningkatan hasil belajar karena dilakukan dalam waktu yang berkelanjutan.

    ReplyDelete
  5. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Lesson study merupakan model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Dewasa ini lesson study banyak digunakan untuk membangun suasana yang positif dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  6. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study merupakan inovasi dalam pembelajaran matematika dilaksanakan oleh suatu tim yang terdiri dari beberapa guru. Keuntungan dalam Lesson Study adalah guru dapat saling memberikan masukan dalam mengevaluasi pembelajaran. Sehingga hasilnya dapat diimplementasikan di kelas masing-masing setelah mengadakan perbaikan pembelajaran.

    ReplyDelete
  7. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Lesson study adalah suatu proses sistematis yang digunakan oleh guru-guru Jepang untuk menguji keefektifan pengajarannya dalam rangka meningkat hasil pembelajaran. Lesson study merupakan salah satu metode pengembangan profesional guru. Guru-guru secara kolaboratif mengembangkan rencana dan perangkat pembelajaran, melakukan observasi, refleksi dan revisi rencana pembelajan secara bersiklus dan terus menerus. Lesson study ini dapat dilakukan di semua tingkat pendidikan, mulai dari SD sampai universitas.

    ReplyDelete
  8. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Setelah membaca beberapa referensi, saya memperoleh informasi bahwa lesson study merupakan salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran untuk menuju ke arah yang lebih efektif. Dengan lesson study, sekelompok guru bekerja secara kolaboratif dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran. Bergitu banyak manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan lesson study. Guru dapat saling belajar, bertukar pikiran dan pendapat, sehingga kompetensi guru pun bisa meningkat. Selain itu, guru dapat memperoleh pengetahuan mengenai bagaimana cara mengajar dan bagaimana siswa belajar. Dengan demikian, guru bisa terus memperbaiki praktik pembelajarannya agar lebih efektif. Lesson study pertama kali dikembangkan oleh guru SD di Jepang. Namun, lesson study juga dapat diterapkan pada jenjang universitas. Hal ini dikarenakan pada dasarnya lesson study diterapkan guna meningkatkan keefektifan pembelajaran, baik di jenjang sekolah maupun universitas.

    ReplyDelete
  9. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Lesson study merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru dalam berbagai mata pelajaran. Lesson study juga dapat menjadi strategi bagi tenaga pendidik dalam meningkatkan kinerjanya terhadap kegiatan pembelajaran yang hendak dilakukan. Sebegitu besarnya perkembangan yang dapat ditunjukkan oleh beberapa sekolah di Jepang, bahkan Amerika Serikat dapat menjadi sumbangsih pengetahuan bagi guru di Indonesia dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Lesson study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar (Tim Penulis, 2006). Dengan demikian, lesson study bukan metode atau strategi pembelajaran tetapi kegiatan lesson study dapat menerapkan berbagai metode/strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan permasalahan yang dihadapi guru.

    ReplyDelete
  10. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Lesson study telah banyak diterapkan dalam kegiatan pendidikan di Jepang, sekarang pun diketahui telah dikembangkan pada beberapa universitas di Indonesia. Lesson study yang telah diterapkan di Fakultas MIPA Indonesia dikomandoi 3 pendiri universitas IKIP (UM Malang, UNY Yogyakarta, dan UPI Bandung) (Subali dan Kaniawati, 2006). Target program ini adalah guru matematika dan ilmu pengetahuan alam disekitar universitas tersebut. Implementasi lesson study yang dilaporkan ke universitas dapat menumbuhkan atmosfir akademik yang kondusif di lingkungan sekolah. Akan tetapi, di UPI Bandung, lesson study juga diterapkan oleh dosen di universitas (khususnya yang lebih muda) dan memberikan hasil yang cukup baik. Di UM Malang, penerapan lesson study telah diperluas hingga bentuk bantuan terhadap kerjasama guru MIPA pada sekolah perintis. Program ini memberikan dampak positif untuk meningkatkan kualitas proses pengajaran, yang dikemukakan dengan motivasi siswa dan penilaian menjadi lebih meningkat. Pengalaman beberapa perguruan tinggi tersebut, tampak menekankan pada penerapan lesson study dalam kegiatan pembelajaran, sebagai contoh bagaimana mengembangkan asosiasi pengajar MIPA professional (MGMP, KKG, MKKS). Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam proses pengajaran dan pembelajaran, membangun jaringan kolaborasi dengan institusi yang relevan, penerapan pelatihan pengajaran lapangan (PPL), mengadopsi lesson study untuk sertifikasi guru sebagai penjelasan lanjutan.

    ReplyDelete
  11. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study penting diterapkan dalam pembelajaran. Lesson study berguna dalam mengevaluasi bagaimana kualitas pembelajaran yang telah diterapkan. Apakah tujuan dari pembelajaran sudah tercapai, atau apakah metode yang diterapkan sudah efektif. Dengan berbagai masukan dari rekan satu tim akan menghasilkan inovasi dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  12. Lesson study merupakan kegiatan bersama diantara guru untuk mempelajari pembelajaran yang dilakukan. Kegiatan lesson study untuk memperoleh pembelajaran yang berkualitas, mempertahankan pembelajaran yang telah baik dan memperbaiki pembelajaran yang dianggap masih kurang atau belum berjalan dengan baik. Lesson study bukan untuk menilai pembelajaran guru dan guru pun harus mempunyai anggapan bukan untuk dinilai tetapi untuk meningkatkan kualitas dirinya dalam melakukan pembelajaran. yang dapat ditingkatkan dari segi performa guru, intonasi guru, materi yang dijelaskan, pelaksanaan kesesuaian dengan skenario.

    ReplyDelete
  13. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Kegiatan Lesson Study sangat berguna untuk perkembangan pendidikan di Indonesia. Karena kualitas pembelajaran dapat meningkat seiring dengan meningkatnya kualitas para pendidik dalam menyampaikan kegiatan pembelajaran. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat apabila dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan sehingga para guru dapat memperoleh banyak ilmu dan pengetahuan bagaimana cara untuk membelajarkan siswa selama di kelas. Lesson study merupakan kegiatan kolaborasi para guru yang di dalamnya terdapat beberapa tahap yaitu, perencanaan, tindakan, dan evaluasi. Kegiatan ini melibatkan banyak pihak, antara lain guru, kepal sekolah, dosen, dan lain-lain sehingga semua pendidik berkumpul menjadi satu untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang terjadi di lapangan dan diharapkan dapat memecahkan/ menentukan solusi untuk memecahkan masalah-masalah yang dijumpai pada saat proses pembelajaran di kelas sehingga kegiatan pembelajaran akan menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  14. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study adalah salah satu cara menggevaluasi pembelajaran yang dilakukan guru. Namun, lesson study ternyata dapat diterapkan pada mahasiswa calon guru di kampusnya. Salah satu mahasiswa sebagai guru model, dan dosen sebagai salah satu supervisor. Hal tersebut menjadi ajang latihan bagi para mahasiswa sebelum benar-benar terjun ke dunia nyata (di sekolah)

    ReplyDelete
  15. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Lesson study merupakan suatu bentuk kolaborasi antar pendidik, pentingnya lesson study bagi seorang pendidik yaitu para pendidik dapat bertukar pendapat bagaimana mengembangkan rencana dan perangkat pembelajaran, sehingga hasil dari diskusi antar pendidik dapat diimplementasikan di dalam kelas masing-masing. Kegiatan dalam lesson study meliputi perencanaan atau perancangan, kemudian melakukan pengamatan subjek, dan terakhir yaitu refleksi

    ReplyDelete
  16. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Lesson Study seperti sangat baik diadakan di universitas khususnya bidang pendidikan. Dari lesson study tersebut kita dapat mengevaluasi bagaimana pembelajaran yang selama ini sudah terjadi dan bagaimana pembelajaran yang baik yang paling dibutuhkan oleh siswa-siswa selama ini. Dengan demikian dari lesson study ini diharapkan dapat meningkatkan dan memperbaiki proses kegiatan belajar mengajar yang baik dan sesuai sehingga dapat mengaktifkan siswa dan memfasilitasi siswa dengan baik.

    ReplyDelete
  17. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Lesson study harus digunakan dalam pembelajaran karena memiliki tujuan dan proses yang baik dan dapat meningkatkan mutu karena dilakukan dengan kerja sama. Melalui kerja sama dapat membuat hubungtan guru dan murid lebih baik dan dalam pembelajarn akan tercipta pembelajarn yang bisa membuat siswa berkembang. Serta dengan komunikasi yang baik dapat saling mengatasi kesulitan dan kelemahan yang ada. Sehingga siswa bisa mengutarakan kesulitan yang dia miliki dan guru dapat membantu.

    ReplyDelete
  18. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study bermanfaat bagi seluruh calon guru yang sedang belajar di universitas. Semakin banyak pelatihan dan diskusi maka semakin siap untuk melakukan pembelajaran di lingkungan sekolah yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  19. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Lesson study di universitas diperlukan karena pembelajaran dari universitas satu dengan yang lain pasti berbeda. Lesson study ini bersifat melengkapi ilmu yang ada. Saling bertukar gagasan untuk mendapatkan pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  20. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran di kampus tentang landasan, filsafat, ideologi, teori, paradigm, menyiapkan perangkat dan model pembelajaran perlu diaplikasikan dalam bentuk simulasi pembelajaran matematika sekolah. Bekal yang diberikan dosen-dosen kita membantu kita untuk lebih siap terjun di dunia pendidikan sekolah.

    ReplyDelete
  21. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih yang tak tertingga kami ucapkan kepada dosen-dosen kami yang telah memberikan banyak bekal kepada kami dalam menyiapkan pembelajaran di sekolah dengan baik. Awalnya kami tidak tahu apa-apa tentang bagaimana menyelanggarakan pembelajan di dalam kelas dan sekarang kami menjadi lebih tahu bagaimana memberikan pembelajaran yang semestinya bisa diaplikasikan di sekolah.

    ReplyDelete
  22. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Lesson study merupakan salah satu inovasi dalam dunia pendidikan. Lesson study dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas. Dari video di atas, kita mampu melihat salah satu contoh lesson study yang pernah dilaksanakan di Indonesia. Sehingga terlihat jelas alur-alur dari lesson study, yaitu mulai dari plan (merencanakan), do (melaksanakan), dan see (refleksi). Sehingga dari video tersebut pula kita mampu menganalisis bagaimana proses lesson study berlangsung, sehingga dapat memahami lebih tentang lesson study dan mampu mengaplikasikannya.

    ReplyDelete
  23. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Lesson study biasa dilakukan oleh guru-guru sebagai sarana evaluasi pembelajaran yang telah dilakukannya. Ketika hal tersebut diperkenalkan kepada mahasiswa yang nota bene calon guru, maka harapannya adalah mereka kelak dapat melakukan hal yang serupa ketika telah terjun ke dalam dunia pendidikan yang sesungguhnya. Tujuan utamanya adalah memberikan bekal kepada mahasiswa dengan cara mempraktikkannya langsung. Lesson stdy telah diterapkan diberbagai negara. Namun, di Indonesia masih jarang ditemui. Padahal hal tersebut sangat berguna baik bagi guru maupun siswa. guru dapat terus menerus melakukan inovasi pembelajaran, tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswanya.

    ReplyDelete
  24. Fina Fitri Nurjannah
    14301244005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study telah banyak dilakukan di berbagai negara, salah dua yang pernah disampaikan Prof.Marsigit adalah di Jepang dan Australia. Kedua negara tersebut memiliki istilah berbeda mengenai “lesson study”. Namun pada dasarnya kegiatan yang dilakukan adalah sama, yaitu mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru. Lesson study yang menarik di Australia adalah keterpaduan antara guru model, guru kelas, dosen, dan mahasiswa pengamat. Mereka bersinergi sehingga pembelajaran yang dilakukan guru model tidak hanya dievaluasi dosen tetapi juga guru kelas. Selain itu, kurikulum yang disusun disekolah merupakan hasil rapat antara universitas, guru, dan kepala sekolah. Sedangkan di Jepang, lesson study yang dipaparkan oleh Prof.Marsigit adalah lesson study dalam skala besar (internasional). Berdasarkan foto yang disajikan Prof.Marsigit, hal yang sangat menarik adalah lesson study dilakukan secara terbuka yang diikuti tidak hanya oleh dosen dan guru, tetapi juga diikuti oleh orangtua dan masyarakat umum. Sehingga evaluasi proses pembelajaran yang dilakukan lebih luas dan bervariatif.

    ReplyDelete
  25. Fina Fitri Nurjannah
    14301244005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Lesson study sangat diperlukan dalam perbaikan pembelajaran demi terwujudnya inovasi pembelajaran dan proses pembelajaran yang lebih baik. Proses pembelajaran yang baik adalah yang membantu dan memfasilitasi kemampuan siswa yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri lesson study sudah dilakukan oleh para guru dan dosen. Namun sayangnya, diskusi yang berlangsung masih belum maksimal seperti yang disampaikan Prof.Marsigit dalam perkuliahan etnomaematika. Diskusi yang dilakukan belum secara mendalam membahasa mengenai proses pembelajaran yang berlangsung.

    ReplyDelete
  26. Fina Fitri Nurjannah
    14301244005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam postingan artikel Prof.Marsigit yang lain telah dijelaskan mengenai pelaksanaan lesson study di daerah bantul. Lesson study tersebut menurut saya cukup berjalan dengan baik dan Prof.Marsigit sangat memfasilitasi para guru dalam sesi tanya jawab dengan beberapa guru pengamat dan guru model. Diharapkan dengan adanya guru besar yang telah memiliki banyak pengalaman luar biasa diluar negeri mampu memfasilitasi para guru untuk menjadi guru yang profesional, inovatif, dan berwawasan luas mengenai pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  27. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. terimakasih Prof. Marsigit atas link video lesson study di universitas yang dibagikan. Menarik sekali melihat bagaimana lesson study dilakukan dalam bentuk video, memberikan gambaran secara konkrit bagaimana lesson study dilaksanakan.

    ReplyDelete
  28. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Berdasarkan video tersebut saya mengetahui bahwa perlu adanya variasi konten LKS. Hal ini seperti yang terjadi pada sekolah yang berada di Inggris yang telah Bapak cerritakan pada salah satu elegi. Siswa dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan matematisnya menjadi tiga kelompk yaitu siswa dengan kemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Setiap kelompok ini mendapatkan LKS yang berbeda sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya siswa dengan kemampuan rendah, diberikan LKS yang memberikan banyak petunjuk, semakin tinggi tingkat kemampuan matematisnya semakin kurang petunjuk yang diberikan dalam LKS. Pembelajaran seperti ini akan mampu mengembangkan kemampuan masing-masing siswa sesuai dengan kebutuhan mereka.

    ReplyDelete
  29. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam lesson study, diperlukan suatu keterbukaan pendapat antar pendidik. Lesson study biasa dilakukan pada pelatihan-pelatihan atau workshop yang biasa diadakan untuk para guru, diharapkan guru dapat selalu mengikuti pelatihan tersebut guna meningkatkan kompetensinya dalam mengajar.

    ReplyDelete
  30. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Lesson Study adalah proses kegiatan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun learning community”.Siapa yang melaksanakan pengkajian? Tentu saja kelompok guru yang sadar terhadap pentingnya upaya peningkatan kompetensi mereka dalam proses belajar mengajar. Menurut Walker (2005) Lesson Study merupakan salah satu metode pengembangan profesional guru.

    ReplyDelete
  31. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas link video yang telah Bapak berikan sehingga dapat menjadi pembelajaran baik oleh guru maupun calon guru ketika melaksanakan pembelajaran dikelas.

    ReplyDelete
  32. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study penting untuk diterapkan di Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan menerapkan lesson study maka pembelajaran diharapkan menjadi lebih baik. Dalam lesson study, guru, kepala sekolah, dan para peneliti secara kolaboratif merencanakan pelaksanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran. Dengan begitu, akan ada perbaikan strategi pembelajaran yang kontinue yang dapat meningkatkan hasil pembelajaran secara kontinue juga.

    ReplyDelete
  33. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Evaluasi, monitoring, peningkatan, dan perbaikan dalam proses pembelajaran memang hendaknya terus dilakukan secara konsisten. Hal ini akan berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran itu, sehingga kualitas anak didik juga akan semakin kompeten. Salah satu bentuk upayanya yaitu dengan lesson study.

    ReplyDelete
  34. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study merupakan suatu bentuk kegiatan dalam hal pembinaan atau pelatihan seorang pendidik melalui monitoring yang dilakukan oleh beberapa ahli atau sesame pendidik yang setara. Dengan lesson study ini diharapkan mampu membangun komunitas belajar yang berguna dalam peningkatan kualitas pembelajaran yang berimplikasi pada mutu pendidikan.

    ReplyDelete
  35. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study tidak hanya dapat dilakukan di sekolah oleh seseorang yang telah menjadi guru, tetapi juga dapat dilakukan di universitas seperti yang ada di dalam video tersebut. Hal ini dapat memberikan masukan-masukan kepada mahasiswa calon guru nantinya. Sehingga dengan masukan-masukan yang membangun akan menjadi bekal mahasiswa calon guru untuk dapat diterapkan saat menjadi guru di sekolah.

    ReplyDelete
  36. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study merupakan kegiatan mempelajari pembelajaran.. Lesson study dapat dilakukan baik di sekolah oleh para guru dan kepala sekolah maupun di universitas oleh para dosen dan calon guru. Di universitas, calon guru sudah mulai mempelajari cara menyusun rencana pembelajaran, cara melaksanakan pembelajaran, dan cara mengevaluasi pembelajaran. Sehingga, kegiatan tersebut menjadi bekal kelak ketika sudah menjadi guru yang sesungguhnya agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan lebih baik.

    ReplyDelete
  37. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Kegiatan lesson study yang dilakukan di universitas merupakan salah satu upaya memperbaiki mutu pendidikan. Dengan lesson study tersebut, sejak awal para calon guru sudah diajarkan cara merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran. Sehingga, mereka tahu bahwa dalam pembelajaran, guru tidak hanya sekedar mengajar, namun perlu adanya perencanaan dan evaluasi. Dengan begitu, ketika menjadi guru, diharapkan kualitas pembelajaran meningkat dan prestasi siswa juga meningkat.

    ReplyDelete
  38. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Lesson study pada awalnya diterapkan di negara Jepang dan membuahkan hasil yang memuaskan, yaitu terbukti majunya mutu pendidikan di Jepang dengan adanya lesson study. Menurut saya lesson study akan sangat bagus jika dapat diterapkan di Indonesia karena melalui lesson study guru dapat mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui penilaian/sudut pandang rekan sejawat sehingga muncul semangat untuk memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik pada diri guru.

    ReplyDelete

  39. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    InsyaAllah video ini akan bermanfaat. Mohon izin untuk kami (saya) agar boleh untuk membagikan link video ini ke guru-guru yang mengikuti pelatihan di PPPPTK Matematika nggih, Pak.

    Terima kasih Pak.

    ReplyDelete
  40. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Lesson study adalah upaya untuk meningkatkan kualitas mengajar seorang guru agar pembelajaran berjalan dengan efektif. Baik itu dalam penyampaian materi, pengelolaan kelas maupun dalam penilaian. Lesson study di universitas adalah hal yang sangat familiar khususnya universitas di bidang pendidikan. Dalam mata kuliah misalnya, kegiatan lesson study dilakukan oleh mahasiswa sebagai guru model dan mahasiswa lain yang berperan sebagai siswa. Guru model mempersiapkan lesson study mulai dari instrumen pembelajaran, mengajar, hingga assessment atau penilaian. Selama proses berlangsung mahasiswa yang lain serta dosen memperhatikan sekaligus menilai kelebihan dan kekuranannya. Kemudian mahasiswa yang lain serta dosen memberi masukan kepada guru model dan dilakukan diskusi atau tukar pikiran tentang bagaimana proses pembelajaran yang baik.
    Lesson study yang sangat terkenal adalah lesson study dari Jepang. Negara Jepang memang dikenal sebagai negara yang aktif mempublikasikan lesson study mereka. Proses pembelajaran di Jepang menggunakan sistem pembelajaran berpusat pada siswa atau student center. Tidak seperti di iIndonesia yang mayoritas gurunya menggunakan model pembelajaran ceramah atau techer center. Pembelajaran dengan sistem student center akan membuat siswa aktif berpikir dan mengembangkan kekreatifitasan mereka. Sehingga siswa mampu memahami tanpa merasa terbebani. Selain itu kegiatan diskusi di dalamnya menjadikan siswa mampu berinteraksi dengan teman-temannya sehingga menumbuhkankemampuan komunikasi siswa. Hal inilah yang menjadikan model pembelajaran student center dianjurkan dalam pembelajaran. Oleh karena itu banyak lesson study tentang model pembelajaran ini.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  41. Junianto
    17709251065
    PM C

    Lesson study tidak hanya cocok diterapkan di sekolah menengah, di bangku perkuliahan pun sangat baik jika bisa diterapkan. Keefektifan pembelajaran dapat dilihat dan diukur oleh observer. Dengan demikian, kekurangan maupun ketidakefektifan mengajar dapat didiskusikan dan diperbaiki. Lesson study juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan mendidik siswa maupun mahasiswa.

    ReplyDelete
  42. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Terimakasih bapak link videonya, disini saya merasakan ikut didalam kelas tersebut. Lesson Study yang dapat bapak jalankan di bangku perkuliahan, membuka fikiran bahwa metode ini bisa diterapkan di bangku perkuliahan. Selain mengenai Lesson Study, saya mendapatkan informasi bahwa sebenarnya LKS bukan hanya sekedar lembar soal, tapi LKS akan memfasilitasi proses belajar, maka ada informasinya, ada tahap-tahapanya, ada proses berfikirnya, ada proses menemukan, dll. Sehingga LKS sangat penting dalam setiap pembelajaran.

    ReplyDelete
  43. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih pak atas sharing link tentang Lesson study diperkuliahan strategy teaching mathematics, begitu bermanfaat meski saya tidak berada di dalam kelas tersebut. Hanya dengan menyaksikan video pembelajaran ini saya turut memahami kesimpulan dari diskusi tersebut, terutama tentang LKS yang bagaimana itu seharusnya isi dan fungsi LKS tersebut kemudian bagaimana itu prinsip belajar berdasarkan potensi masing-masing siswa sehingga sebagaimana yang bapak sampaikan bahwa dalam pembelajaran itu perlu atau penting adanya variasi konten untuk mengatasi kesenjangan belajar pada siswa.

    ReplyDelete
  44. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Saya sangat menyadari sulitnya menciptakan LKS yang sempurna dari segi konten, fase-fase, dan aspek lainnya. LKS yang ditemukan kebanyakan hanya memuat persoalan-persoalan sehingga mirip dengan tugas di buku paket. Semoga kedepannya guru-guru di Indonesia sudah mulai berinovasi dalam LKS, mencurahkan kreativitas sehingga LKS tidak hanya begitu-begitu saja, setiap guru memiliki LKS dengan gaya masing-masing namun sesuai kurikulum dan tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  45. Vidiya Rachmawati
    17709251019

    Lesson study diterapkan di universitas dalam rangka mempersiapkan calon guru yang inovatif. Kegiatan ini dapat disebut sebagai salah satu bentuk pre-service teacher training. Salah satu calon guru (mahasiswa) menjadi guru model yang melaksanakan pembelajaran dan diobservasi oleh observer ( dosen, peneliti, pemerhati pendidikan, dkk). Sebelumnya dibentuk tim untuk mempersiapkan dan merancang pembelajaran tersebut. Pada akhir pembelajaran guu model bersama tim merefleksikan kegiatan belajar mengajar pada hari itu. Kemudian observer menyampaikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk pembelajaran yang lebih berkualitas.

    ReplyDelete
  46. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    sudah 2 malam saya tidak membuka blog ini Prof, rindu rasanya membuat pikiran ini menjadi bingung.
    Seperti yang kita tahu, lesson study baik sekali untuk diterapkan di dalam pembelajaran. Guru memiliki peranan penting dalam membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Akan tetapi guru tidak akan mampu menciptakan pembelajaran yang berkualitas jika hanya melakukannya sendiri tanpa ada kerja sama dengan guru lain. Lesson study merupakan wadah bagi guru untuk berkolaborasi dalam mengatasi permasalahan yang muncul di dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, hingga evaluasi. Lesson study dapat menjadi sarana untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan berdasarkan pada masalah nyata yang dihadapi. Dengan demikian, diharapkan lesson studi dapat memperbaiki kualitas guru, pembelajaran, dan hasil pembelajaran

    ReplyDelete
  47. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Materi yang disampaikan di kelas memang tidak akan tersampaikan secara menyeluruh jika guru hanya mengandalkan pengetahuan dari guru tanpa bantuan LKS. Disini LKS memberikan manfaat salah satunya agar waktu bisa dilalui secara efisien. Guru sering kali lupa atau malas untuk membuat LKS maupun bahan ajar yang dapat mendukung ke-efisien-an waktu serta kegiatan belajar siswa agar belajar tidak membosankan hanya terpaku pada penjelasan guru dan papan tulis. Kekreativan guru juga diuji ketika pembuatan LKS. Karena, ketika guru hanya menyediakan LKS saja tanpa konsep yang matang, saya sakin sekali pembelajaran tidak akan mencapai pada hasil yang maksimal, walaupun memang dengan adanya LKS tidak menjamin 100% pembelajaran akan mencapai hasil maksimal, namun dengan adanya LKS ini saya yakin pembelajaran akan lebih baik daripada tanpa adanya bahan penunjang seperti LKS.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  48. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Lesson study adalah belajar untuk mengajar. Dapat dikatakan bahwa lesson study memfasilitasi guru untuk membahas kesulitan-kesulitan yang dialami selama mengajar di kelas dan menemukan solusinya. Lesson study diprakarsai oleh negara Jepang. Dari video yang tersedia di postingan ini, dapat dilihat bahwa lesson study memiliki alur do (proses mengajar) dan see (refleksi). Kedua hal ini dilakukuan oleh siswa dan guru bersama-sama.

    ReplyDelete
  49. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Dengan Lesson Study para pendidik/guru memiliki kesempatan untuk mengamati peserta didik/siswa walaupun dengan meminjam mata dari para observer. Melalui para observer akan diketahui mana siswa yang aktif dan mana yang tidak aktif. Melalui motivasi yang dilakukan oleh guru maka siswa akan melakukan perubahan karena akan diamati oleh observer. Selain itu dengan Lesson Study juga dapat menciptakan sebuah kondisi dimana seorang pengajar harus menghadapi perkembangan di luar lingkungannya. Guru dalam kegiatannya senantiasa merasa kurang, sehingga akan berusaha bagaimana meningkatkan kompetensi diri dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  50. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Kalau tidak salah, video yang ditayangkan oleh link tersebut merupkn kelanjutan video yang telah diunggah sebelumnya. Jika sebelumnya mengulas mengenai kritik dan saran dari audiences, maka video ini mengulas konfirmasi dari guru model dan dosen pengampu. Permasalahan meliputi apersepsi, serta setting kelas yang diterapkan oleh guru model. MEmang benar bahwa modal setiap siswa tentu berbeda. Ada siswa yang memang masih bersih dari materi yang akan disampaikan, ada pula siswa yang telah membaca sebelumnya, sehingga sedikit mempunyai gambaran mengenai topik yang akan dibahas, ada pula siswa yang telah berdiskusi ataupun belajar sebelum pembelajaran di kelas dilaksanakan. Hal ini turut memberikan sumbang sih keberhasilan pembeljaran di kelas, biarpun demikian alangkah abiknya jika guru mampu mneg-cover semua kemungkinan yang ada, salah satunya melalui perencanaan yang baik dan komprehensif. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  51. Menilik komentar dari Pak Marsigit, yakni mengenai RPP bukan hanya kumpulan tujuan pembelajaran saya sangat setuju. Dalam LPTK harus digodog kemampuan clon guru untuk mengembangkan instrumen pembelajaran yang nantinya akan sangat bermanfaat setelah terjun ke dunia pembelajaran secara nyata. Menyusun RPP sejatinya tidak semudah yang dipedomankan buku-bukku bacaan mengenai instrumen pembelajaran, namun membuat RPP sama saja membuat perencanaan pembelajaran yang akan menjadi nafas kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Pemilihan metode harus tepat, tidak hanya berdasarkan kesiapan guru, melinkan harus mempertimbangkan karakteristik siswa. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  52. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih Pak Prof. atas link penggalan video yang Bapak sharing, yaitu tentang lesson study yang diselenggarakan di Universitas. Melalui video tersebut, terlihat bahwa lesson study tidak hanya bisa diterapkan pada sekolah menengah, akan tetapi juga dapat diterapkan di jejang yang lebih tinggi setingkat Universitas.
    Berdasarkan video tersebut, terlihat bahwa lesson study yang diterapkan pada mata kuliah strategi pembelajaran matematika merupakan suatu wadah bagi mahasiswa untuk belajar sekaligus sebagai pusat pelatihan, dalam rangka meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menjadi guru yang kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete
  53. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Terimakasih telah membagi link vidionya.Saya telah menonton vidonya.Sepertinya itu adalah pembelajaran yang menyenangkan, semua mahasiswa merasa senag ketika belajar. Seperti itulah belajar yang menyenangkan tanpa ada ketegangan.dapat menjadi bahan acuan buat mahasiswa ketika mengajar.Saya sepakat dengan bapak, jadi LKS bukan hanya sekedar buat soal tapi dia juga memfasilitasi belajar. LKS juga merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara siswa dengan guru, sehingga dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam peningkatan prestasi belajar.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  54. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Lesson Study berhasil diterapkan di Jepang, mungkin juga akan berhasil jika diterapkan di Indonesia. Melalui Lesson Study, guru dapat mengatasi masalah yang terjadi dalam praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Melalui Lesson Study, guru juga dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran.
    Lesson Study sudah mulai diterapkan di Indonesia, yang selama ini dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Saya rasa apabila Lesson Study diterapkan di Indonesia secara menyeluruh diberbagai jenjang pendidikan maka bukan tidak mungkin pendidikan di Indonesia akan berhasil.

    ReplyDelete
  55. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Dalam video tersebut terlihat jelas proses belajar yang sedang dilakukan mahasiswa santai, namun tetap dalam konteks wajar. Proses pembelajaran seperti ini menjadikan mahasiswa tidak merasa tegang, dan menikmati proses pemelajaran, sehingga mahasiswa lebih mudah memahami pelajaran. Terkait isi video tersebut saya setuju bahwa LKS bukan hanya sekedar lembaran test saja, tetapi harus menjadi sarana pembelajaran.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  56. Nama : I Nyoman Indhi Wiradika
    NIM : 17701251023
    Kelas : PEP B

    Hal menarik yang saya dapatkan dari video yang sangat inspiratif tersebut adalah pentingnya menghargai proses dalam pembelajaran. Seperti pernyataan bapak Marsigit bahwa “LKS bukan sekedar membuat soal, namun memfasiltasi proses belajar”. Saya memaknai setiap siswa memiliki keunikannya tersendiri, baik dalam hal inteligensi maupun gaya belajar, maka strategi dan penyusunan perangkat pembelajaran harus memperhatikan proses yang menghargai keunikan siswa. Jika hal tersebut terpenuhi maka pembelajaran memiliki konsep keadilan.

    ReplyDelete
  57. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Lesson study dapat diterapkan di semua jenjang pendidikan, baik di sekolah maupun di universitas. Pembelajaran di atas sepertinya menarik sekali dan santai tapi berjalan sesuai dengan konteks. Terimakasih atas link videonya prof.

    ReplyDelete
  58. Dari video di atas juga saya mendapat tambahan informasi bahwa LKS tidak hanya mencakup soal-soal, tetapi juga mencakup penjelasan, langkah-langkah, dan petunjuk lainnya. Untuk itu guru harus memperhatikan komponen yang terdapat dalam lks yang dibuat dan akan dipakai dalam kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  59. Terimakasih bapak sudah sharing video lesson study ini. InsyaAllah melalui video ini membuat saya dan yang lain yang melihat video tersebut bisa lebih memahami lesson study, yang pada akhirnya menuju pencapaian pada hasil yang maksimal dalam keefektifan dalam pembelajaran.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  60. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Ketika S1 saya juga pernah melakukan lesson studi bersama teman-teman sekelas, yang mungkin sedikit berbeda dari lesson studi yang dilakukan oleh Ilania dan 3 anggota timnya adalah ketika proses pembelajaran/lesson studi berlangsung kami memberikan penilaian langsung terhadap proses pembelajaran tersebut baik dari metode/pendekatan yang digunakan oleh guru model, kemudian bahasa yang digunakan, interaksi terhadap siswa, dan aspek-aspek lainnya yang dianggap perlu untuk dinilai. Masing-masing dari kami tentu memiliki penilaian yang berbeda, hasil penilaian ini yang kemudian kami bahas bersama dosen model dalam lesson studi tersebut.

    ReplyDelete
  61. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas link-link yang diberikan di atas Prof, semoga dengan informasi tersebut bermanfaat bagi kita para calon pendidik yang profesional. Dari informasi tersebut didapatkan manfaat bahwa sekiranya guru betul-betul dapat mempersiapkan perangkat pembelajaran yang baik dan tidak asal-asalan.

    ReplyDelete
  62. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih Bapak atas share link yang berisi video pembelajaran dengan salah satu metode yaitu metode lesson study ini. Dengan adanya video yang memperagakan sebuah metode pembelajaran, tentunya kami yang masih harus belajar banyak tentang berbagai metode pembelajaran matematika akan sangat terbantu karena kami mendapat gambaran hal-ahal apa saja yang harus dan akan terjadi dikelas jika menggunakan metode pembelajaran yang sama.

    ReplyDelete
  63. Junianto
    PM C
    17709251065

    Tidak hanya ditingkan sekolah menengah dan sekolah dasar, sebaiknya lesson study juga diterpakan di tingkat universitas. Mengingat mata kuliah di universitas khususnya matematika merupakan matematikan formal yang abstrak. Dengna adanya metode ini dosen juga akan mengetahui kemampuan dan kelemahan dirinya dalam mengajar dan bisa diperbaiki dengan adanya saran dan evalusi dari observer.

    ReplyDelete
  64. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Terimakasih untuk linknya.
    Saya berbagi Juga dengan teman yg mengajar matematika.
    Lesson study membantu guru untuk merefleksikan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas dan menjadi inspirasi untuk menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  65. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pada video diatas, mahasiswa berlatih mengajar dihadapan mahasiswa lain dan beberapa dosen. Dalam tahap lesson study ada tahap see/refleksi yang pada video diatas refleksi oleh Pak Marsigit. menarik disini adalah bahwa dalam memberikan LKS, guru jangan hanya menyiapkan 1 macam LKS untuk mengantisipasi potensi atau kecerdasan murid yang berbda-beda sehingga potensi masing-masing anak dapat berkembang secara adil.

    ReplyDelete
  66. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Lesson study tidak hanya untuk guru di sekolah saja, untuk mahasiswa juga penting, terutama mahasiswa calon guru. Hal itu dilakukan sebagai bekal nanti ketika mahasiswa praktik mengajar mauapun mengajar sungguhan ketika sudah lulus nanti. Dengan lesson study seorang guru ataupun model guru bekerja sama dengan orang lain atau observer, sehingga pada proses pembelajaran dapat diketahui permasalah apa saja yang muncul, yang kemudian dievaluasi sebagai saran perbaikan untuk proses pembelajaran selanjutnya. Sehingga kualitas guru dalam memfasilitsi proses belajar selalu meningkat dan berkembang lebih baik.

    ReplyDelete
  67. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- Pascasarjana
    17701251037

    Terima kasih untuk video pembelajarannya, Prof. Selama ini saya kira memberikan lesson study kimia yang hanya berbentuk soal sudah mencukupi untuk berlatih dan belajar, ternyata hal tersebut membuat siswa yang sudah paham menunggu dan tidak melakukan apa-apa. Tugas seorang pendidik adalah menjadi fasilitasor bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi belajar masing-masing individu dengan lesson study yang ideal dan adil.

    ReplyDelete
  68. Devi Nofriyanti
    17709251041
    S2 P.Mat UNY kelas B 2017

    dari video tersebut saya dapat mengambil pembelajrana dari penjelasan bapak mengenai LKS yang bukan hanya sekadar kumpulan soal-soal, tapi harus memuat informasi, tahapan-tahapan, proses berpikir, proses menemukan dan proses menyimpulkan. tugas guru untuk membelajarkan semua tipe siswa baik yang the quicker maupun the slower sehingga metode yang digunakan guru harus tepat.

    ReplyDelete
  69. Kartika Pramudita
    17701251021
    S2 PEP B

    Lesson study yang saya saksikan dapat memberikan masukan dan saran untuk perbaikan dalam perencanaan dan proses pembelajaran. Lesson study tersebut merupakan salah satu cara guru dapat belajar untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan adil bagi semua siswa. Dari video tersebut hal yang dapat saya pelajari bahwa dalam kegiatan belajar mengajar seorang guru harus dapat bertindak adil untuk memfasilitasi semua siswa pada setiap tingkatan-tingkatannya. Siswa yang cepat dalam mengerjakan diberi tambahan sehingga tidak menunggu siswa yang lebih lambat, dan siswa yang lebih lambat juga tidak merasa terburu-buru untuk berganti mengerjakan dan melakukan kegiatan lain. Sehingga perencanaan pembelajaran yang dibuat harus dipersiapkan secara matang dan disesuaikan dengan kondisi siswa.

    ReplyDelete
  70. Uswatun Hasanah
    1771251022
    S2 PEP B

    Melalui video lesson study yang Bapak berikan, saya belajar mengenai peran guru dalam mengatasi keberagaman kemampuan yang ada pada siswa. Melalui LKS dapat memberikan ruang bagi siswa yang mampu belajar dengan cepat ataupun siswa yang lamban. Masa saya sekolah juga masih menggunakan LKS saat SMP. Teringat saat itu saya mengerjakan terlebih dahulu soal-soal yang menurut saya mudah. Untuk soal yang sulit dibahas secara bersama-sama dengan guru. Bentuk soalnya juga sangat bervariasi. Menurut saya dengan adanya LKS membuat siswa menjadi lebih aktif mengerjakan latihan sebelum belajar. Menurut saya LKS dapat mengarahkan pada kesiapan siswa dalam belajar. Guru dan siswa dapat bekerja sama dengan baik dan materi pelajaran cenderung mudah dikuasai oleh siswa.

    ReplyDelete
  71. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Salah satu cara untuk menambah ilmu dengan terus mencari ilmu dan haus akan ilmu. Kegiatan lesson study salah satu cara yang dilakukan untuk mengetahui cara yang dilakukan lembaga atau seseorang dalam mencapai tujuan mereka yang apabila sesuai dengan pengembangan diri maka tidak masalah untuk ditiru dan kita kembangkan sendirinya. Namun tetap harus adanya inovasi agar tujuan lesson study dalam meningkatkan proses pembelajaran, kinerja, mutu pembelajaran, profesionalisme, dan kualitas semakin tinggi dapat terlaksana.

    ReplyDelete
  72. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Dalam kegiatan belajar mengajar, sebuah lesson plan atau lesson study sangat mendukung dalam membantu siswa dan dosen untuk lebih terarah. Seorang pendidik membuat lesson plan untuk menyusun langkah-langkah pembelajaran yang akan memudahkan siswa dalam mendapatkan konsep matematika. Pendidik menyusun langkah-langkah kegiatan siswa tersebut bukan hanya untuk menjawab soal, tetapi juga menyusun langkah agar siswa mampu menemukan konsep, membuat siswa aktif dalam setiap kegiatan, siswa mampu menyimpulkan materi, dan mampu mengkomunikasikan, sehingga guru mampu mengembangkan potensi siswa.
    sedangkan untuk mahasiswa, lesson study di perlukan untuk mengetahui langkah-langkah yang akan dicapai dengan guna untuk mengembangkan potensi dirinya. Dengan potensi yang dikembangkan tersebut, mahasiswa dapat meningkatkan kualitas dan mutu ilmu yang dimiliki.

    ReplyDelete
  73. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    LKS merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. LKS disini bukanlah semata kumpulan soal-soal yang sering kita jumpai tetapi harus memfasilitasi proses pembelajaran. Karena itulah seorang guru harus berupaya untuk mengembangkan LKS-LKS yang dapat memfasilitasi proses pembelajaran dan disesuaikan dengan karakteristik siswa. Selain itu guru juga dapat memfasilitasi seluruh siswa baik siswa yang cepat maupun siswa yang lamban. Hal yang sering kita jumpai, bahkan dulu pernah saya lakukan ketika PPL seringkali guru berpatokan pada siswa yang cepat. Ketika siswa yang cepat sudah selesai mengerjakan LKS guru beralih ke kegiatan lain, hal ini membuat siswa yang lamban belum memahami materi dan menjadikan kesulitan pada materi selanjutnya. Menonton video pada postingan ini menjadikan saya menyadari bahwa saya pun dulu pernah melakukan hal tersebut dan saya harus berusaha untuk tidak melakukannya di kemudian hari.

    ReplyDelete
  74. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Menjadi guru atau pendidik boleh berhenti sekolah namun bukan berarti berhenti belajar adanya lesson study sebagai sarana bagi pendidik atau guru untuk belajar bagaimana merancang pembelajaran yang baik , efektif dan optimal. Video pembelajaran diatas sebagai satu perncontohkan bagaimana lesson study yang ada di universitas, terlihat pembelajaran aktif dan saling memberi masukan. Dalam diskusi lesson study diatas tentang adanya LKS kami setuju bahwa LKS bukanlah kumpulan soal namun fasilitas bagi siswa untuk membentuk pengetahuannya, LKS tidak bisa hidup tanpa panduan guru sebagai fasilitator untuk menjalankan proses diskusi pembelajaran berbantuan LKS. Oleh kare itu kolaborasi guru dan siswa merupakan perpaduan apik dlam proses belajar. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  75. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Video di atas menambah pengetahuan bagi saya tentang konsep lesson Study. Sebelum menyaksikan video yang dibagikan lewat link di atas, saya hanya mengetahui lesson Study terbatas pada konsep dan teorinya saja. Maka, setelah melihat video tersebut, pengetahuan saya tentang lesson Study semakin kokoh. Saya menyaksikan bagaimana kolaborasi itu dibangun, bagaimana pembelajaran dilaksanankan. Maka terimakasih yang saya ucapkan, atas video yang dibagikan lewat link pada artikel ini.

    ReplyDelete
  76. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Lesson study bukan sebuah metode atau strategi pembelajaran, namun dari lesson study dapat diterapkan berbagai pembaruan pembelajaran berdasarkan situasi, kondisi dan permasalahan yang dihadapi saat proses pembelajaran berlangsung. Dimana dalam tujuan Lesson study ini mampu membantu pendidik untuk mengobservasi dan mengkritisi pembelajaran ,memperdalam pemahaman pendidik tentang materi pelajaran, memfokuskan seluruh aktivitas belajar pada siswa dan menciptakan terjadinya pertukaran pengetahuan dan pengalaman antar pendidik.

    ReplyDelete
  77. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Pada dasarnya “lesson study” adalah mempelajari bagaimana lesson itu diselenggarakan. Sehingga kami pun meyakini bahwa lesson study pasti bisa dilakukan untuk semua jenjang pendidikan termasuk juga dalam pendidikan tinggi atau universitas. Hal ini disebabkan karena tujuan dari lesson studi itu sendiri adalah berupaya untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sudah dilakukan selama ini, ataupun pembelajaran yang sudah dirancang dan dilaksanakan lalu dilakukan refleksi. Setiap anggota yang terlibat yang meneliti atau melihat lesson study juga diharapkan mampu untuk memberikan refleksi dari pembelajaran yang telah dilaksanakan tersebut.

    ReplyDelete
  78. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Lesson Study merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Sudah sejak lama praktik pembelajaran di Indonesia pada umumnya cenderung dilakukan secara konvensional yaitu melalui teknik komunikasi verbal. Praktik pembelajaran konvesional semacam ini lebih cenderung menekankan pada bagaimana guru mengajar (teacher-centered) dari pada bagaimana siswa belajar (student-centered), dan secara keseluruhan hasilnya tidak banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran siswa. Untuk merubah kebiasaan praktik pembelajaran dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran yang berpusat kepada siswa memang tidak mudah. Dalam hal ini, Lesson Study dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran di Indonesia menuju ke arah yang jauh lebih efektif.

    ReplyDelete
  79. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Lesson study memungkinkan guru untuk memikirkan dengan cermat mengenai tujuan dari pembelajaran, materi pokok, dan bidang studi, mengkaji dan mengembangkan pembelajaran terbaik yang dapat dikembangkan, memperdalam pengetahuan mengenai materi pokok yang diajarkan, memikirkan secara mendalam tujuan jangka panjang yang akan dicapai berkaitan dengan peserta didik, merancang pembelajaran secara kolaboratif, mengkaji secara cermat cara dan proses belajar serta tingkah laku peserta didik, mengembangkan pengetahuan pedagogis yang kuat dan penuh daya, dan melihat hasil pembelajaran sendiri melalui mata peserta didik dan kolega.

    ReplyDelete
  80. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Terimakasih pak atas video yang dibagikan. Memberikan saya gambaran tentang bagaimana lesson study dilakukan. Menurut saya lesson study perlu dilakukan agar guru dapat merefleksikan pembelajaran matematika yang telah dilakukan di kelas. Dengan lesson study diharapkan proses pembelajaran dapat membantu siswa belajar matematika serta guru dapat saling memberi masukan terkait pembelajaran matematika.
    Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  81. Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    lesson study di universitas memiliki fungsi yang berdampak baik pada setiap pertemuannya
    dikarena kan banyak indikator yang akan dilakukan didalam kelas. universitas pun memiliki lesson study yang jelas berbeda dengan sekolah. dosen diharapkan mampu meningkatkan dan memfasilitasi mahasiswa dengan ilmu yang semakin runcingg dan jelas dalam proses pengembangan yang lebih

    ReplyDelete
  82. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Assalamu'alaikum. Terimakasih atas sharing video Bapak di postingan ini. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Lesson Study sangat diperlukan dalam pembelajaran. Melalui lesson study, guru dapat merancang pembelajaran yang akan diajarkan, serta menilai dan mengembangkan proses belajar yang baik menurutnya bagi siswa-siswanya. Maka dibutuhkan kreatifitas guru dalam perancangannya. Tidak hany sekedar teori, tapi juga dapat memanfaatkan sarana prasarana yang ada demi menunjang keberlangsungan proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  83. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Lesson study bermaksud untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Lesson study membantu guru dalam merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. Lesson Study dapat diterapkan dalam pembelajaran mulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah bahkan universitas. Terima kasih pak karena telah berbagi video tentang lesson study di Universitas yang semakin menambah pengetahuan saya.

    ReplyDelete
  84. Latifah Fitriasari
    PM C

    Dengan Lesson Study para pendidik memiliki kesempatan untuk mengamati peserta didik walaupun dengan meminjam mata dari para observer. Melalui para observer akan diketahui mana siswa yang aktif mana yang tidak aktif. Hasil yang diperoleh dari Lesson Study bisa dijadikan pedoman bagi dosen-dosen atau para pendidik yang lain dalam meningkatkan proses pembelajaran agar dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mahasiswa belajar dan dosen mengajar.

    ReplyDelete
  85. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Lesson study merupaan model pembinaan prosefi pendidik guru melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan, berlandaskan prinsip-prinsip colleagues and mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Dengan kata lain lesson study bukan merupakan suatu metode atau strategi namun melalui lesson study dapat diterapkan berbagai pembaharuan pembelajaran berdasarkan situasi, kondisi dan permasalahan yang dihadapi guru.

    ReplyDelete
  86. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Video yang telah yang ada pada postingan ini memberikan gambaran secara nyata bagaimana bentuk kegiatan lesson study. Lesson study merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi guru-guru karena melalui kegiatan ini guru-guru dapat saling bertukar pikiran mengenai kekurangan-kekurangan dari strategi pembelajaran yang telah secara langsung diterapkan, dan masalah-masalah yang sering dihadapinya. Sehingga akhirnya dapat mengetahui dan menentukan strategi pembelajaran yang tepat, yang sesuai dengan karakteristik siswa, yang mampu membuat siswa membangun pengetahuannya secara mandiri sesuai dengan potensinya masing-masing, dan pada akhirnya inipun akan membantu mengembangkan pbm matematika itu sendiri. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  87. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Berdasarkan video tersebut saya mengetahui bahwa perlu adanya variasi konten LKS. Hal ini seperti yang terjadi pada sekolah yang berada di Inggris yang telah Bapak cerritakan pada salah satu elegi. Siswa dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan matematisnya menjadi tiga kelompk yaitu siswa dengan kemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Setiap kelompok ini mendapatkan LKS yang berbeda sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya siswa dengan kemampuan rendah, diberikan LKS yang memberikan banyak petunjuk, semakin tinggi tingkat kemampuan matematisnya semakin kurang petunjuk yang diberikan dalam LKS. Pembelajaran seperti ini akan mampu mengembangkan kemampuan masing-masing siswa sesuai dengan kebutuhan mereka.

    ReplyDelete
  88. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Lesson Study menjadi salah satu metode yang sangat baik dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan adanya observer yang mengamati setiap detail kegiatan pembelajaran, seoarang pendidik yang memgang peran vital dalam menfasilitasi siswa untuk membangun pengetahuannya akan dapat mengetahui apa - apa saja yang kurang atau perlu ditingkatkan dari kegiatan pemebelajaran yang telah dilakukan. Hal ini dapat digunakan untuk menyusun rencana pembelajaran di waktu selanjutnya untuk hasil yang lebih baik.

    ReplyDelete
  89. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C


    Lesson study dapat membantu semua pihak agar dapat mencapai tujuannya masing-masing. Setiap guru dapat salaing belajar, bertukar ilmu dan juga mengevaluasi dari pada yang telah dilaksanakan sebelumnya dan mencari solusi yang tepat secara bersama-sama dari kendala yang ditemukan pada pembelajaran yang sebelumnya. Jika disini pendidik sudah berusaha semaksimal mungkin maka diharapkan pula siswa lebih efektif dan efisien dalam belajar.

    ReplyDelete
  90. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Pada lesson study ini mengajarkan kepada kita bahwa dalam pembelajaran matematika diperlukan pelatihan-pelatihan untuk merevisi agar pembelajaran dapat menjadi lebih baik kedepannya.

    ReplyDelete
  91. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Selain pendidika seperti guru, dosen sebenarnya juga memerlukan rencana dalam mengajar mahasiswa mereka. Jika seorang dosen itu tidak menyiapkannya, maka akan amburadul ilmu yang diberikan olehnya, kecuali memang dosen tersebut sudah sangat berpengalaman apalagi sudah di tingkatan profesor. Jika seorang dosen baru seperti kita semua ini sebagai calon dosen, hal ini akan memabntu tercapainya kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Oleh karenanya, walaupun menjadi seorang dosen, lesson study memang dibutuhkan.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  92. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, agar guru dapat mengevaluasi diri untuk dapat meningkatkan dan memaksimal kemampuan yang dimiliki.

    ReplyDelete
  93. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Lesson Study, masih menjadi hal baru bagi saya. Belum banyak hal yang saya mengerti tentang lesson study. Video diatas juga menjelaskan bahwa lesson study ternyata juga bisa dilakukan di jenjeng perguruan tinggi. Hal ini sangat masuk akal, karena semua jenjang pendidikan memerlukan perbaikan kearah lebih baik.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  94. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Lesson study adalah upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyelenggarakan PBM dengan cara meneliti dan merefleksikan secara sistematis PBM tersebut. Tujuan Lesson Study adalah untuk meningkatkan pelayanan guru terhadap kebutuhan belajar siswa. Sehingga lesson study memang merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.
    Selain itu, simulasi yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan pedagogis mahasiswa karena mahasiswa dapat belajar dari kesalahan terkecil sekalipun. Simulasi ini juga akan sangat membantu mahasiswa untuk menghadapi micro teaching yang akan di tempuh selama perkuliahan, praktik lapangan, maupun saat melamar pekerjaan.

    terima kasih

    ReplyDelete
  95. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. terimakasih Prof. Marsigit atas link video lesson study di universitas yang dibagikan. Menarik sekali melihat bagaimana lesson study dilakukan dalam bentuk video, memberikan gambaran secara konkrit bagaimana lesson study dilaksanakan.

    ReplyDelete
  96. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Lesson study dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan profesionalisme guru, meningkatkan kinerja, meningkatkan mutu pembelajaran dan meghasilkan siswa yang berkualitas tinggi. Lesson study dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran/
    refleksi.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  97. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Lesson study itu merupakan komponen penting dalam pembelajaran tidak hanya di SD sampai SMP bahkan di Perguruan Tinggi. Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran.

    ReplyDelete
  98. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Lesson study adalah suatu wadah bagi para guru atau mahasiswa untuk saling berbagi ilmu pengetahuan seputar cara mengajar. Dalam lesson study, banyak hal yang dapat dibahas. Salah satunya yaitu penggunaan IT dalam pembelajaran. Kita tahu bahwa semakin berkembangnya zaman, penggunaan IT semakin canggih. Mulai dari munculnya smartphone, tab, sampai sederet aplikasi-aplikasi dalam bidang pendidikan. Hal itu sangat cocok juga untuk dibahas saat Lesson study.

    ReplyDelete
  99. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Lesson study belum banyak dilakukan di negara kita. tapi mungkin karena saya yang memang tidak tau. Lesson study merupakan sebuah trobosan diantara para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang mereka lakukan. Lesson study memungkinkan seorang guru dievaluasi oleh guru yang lain, juga seorang guru yang mengevaluasi guru yang lain. Pertemuan antar guru ini akan memberikan inspirasi antar guru. Satu kesulitan yang dialami oleh guru A, mungkin sudah terpecahkan oleh guru B. sehingga guru A ini bisa belajar pada guru B dalam kasus yang sama. Begitu juga guru-guru yang lain.

    ReplyDelete
  100. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Lesson study ditujukan untuk meningkatkan profesionalitas guru dan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif. Melalui lesson study, guru model dapat merefleksikan proses pembelajaran yang difasilitasinya, sedangkan guru lain dapat memelajari proses berpikir siswa, bagaimana siswa belajar dan cara guru model dalam mengajar serta memberikan masukan kepada guru model untuk perbaikan kualitas pembelajaran di masa mendatang. Video mengenai lesson study di universitas tersebut memberikan gambaran bahwa setelah guru model melakukan praktik latihan mengajar, guru model tersebut difasilitasi untuk merefleksikan kenadala-kendala yang dihadapi selama memfasilitasi siswa untuk belajar dan hal-hal yang perlu diperbaiki kembali (baca: LKS). Melalui lesson study di universitas, mahasiswa dapat memelajari cara guru model dalam mengajar dan mendesain media pembelajaran untuk mempersiapkan diri dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mikro dan praktik pengalaman lapangan (PPL).

    ReplyDelete
  101. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    Pendidikan Matematika A 2015-S1

    Lesson study merupakan suatu model pembinaan guru dalam meningkatkan kinerja guru yang dilakukan secara bersama-sama oleh sekelompok guru demi mewujudkan kinerja guru ke arah yang lebih baik. Pada kegiatan lesson study dapat menerapkan strategi atau metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi, situasi, permasalahan yang dihadapi oleh guru. Dengan adanya kegiatan lesson study diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan guru tentang materi ajar dan pembelajarannya, meningkatkan pengetahuan guru tentang cara mengobservasi aktivitas belajar, menigkatkan motivasi guru untuk senantiasa berkembang. Melalui video yang sudah di share oleh Pak Marsigit tersebut, saya dapat mempersiapkan diri untuk menjadi calon pendidik yang baik kedepannya.

    ReplyDelete
  102. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  103. Puspitarani
    15301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    Terima kasih Bapak atas link tentang lesson study di universitas yang sudah Bapak share kepada kami.Video di atas menambah pengetahuan bagi saya tentang konsep lesson Study. Sebelum menyaksikan video yang dibagikan lewat link di atas, saya hanya mengetahui lesson Study terbatas pada konsep dan teorinya saja. Maka, setelah melihat video tersebut, pengetahuan saya tentang lesson Study semakin kokoh. Saya menyaksikan bagaimana kolaborasi itu dibangun, bagaimana pembelajaran dilaksanankan.Dengan adanya video lesson study ini, saya bisa tahu bagaimana pembelajaran itu dilaksanakan, sehingga dapat menjadi bekal saya untuk persiapan mengajar nantinya.

    ReplyDelete
  104. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Terimakasih Prof atas link video yang dibagikan. Lesson study adalah model pembeninaan yang dilakukan untuk meningkatan kualitas kinerja guru dan profesionalitas guru. Dengan lesson study ini guru tahu bagaiamana aktivitas siswa saat guru mengajara ada yang aktif dan juag ada yang pasif. Selain itu pula guru yang lain bisa mengamati dari guru model dan siswa sehingga bisa menentukan metode dan pendekatan pembeajaran yang dilakukan. Melalui video ini, sebagai mahasiswa menambah wawsan dan juga pengertian bagaiaana cara mengajar yang baik dan benar sesuai karakter siswa dan mampu menerapkannya saat PPL di sekolah.

    ReplyDelete
  105. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Terimakasih Prof. Lesson study merupakan suatu wadah bagi guru untuk dapat belajar dan bertukar pikiran mengenai kekurangan-kekurangan dari pembelajaran yang telah dilakukan serta masalah-masalah pembelajaran yang sering dihadapai seorang guru. Dengan lesson study, diharapkan guru-guru nantinya dapat saling memberi masukan terkait pembelajaran yang dilakukannya. Lesson study sangatlah bermanfaat bagi guru dan siswa karena dengan lesson study guru dapat merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran, serta melakukan refleksi sebagai langkah penyempurnaan rencana pembeljaran selanjutnya.

    ReplyDelete
  106. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih Pak atas videonya mengenai lesson study yang dilaksanakan di universitas. Lesson study sendiri dapat menjadi salah satu solusi bagi guru maupun calon guru untuk mengevaluasi dan mencari alternatif solusi agar dapat melaksanakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Selain itu, diharapkan melalui lesson study juga dapat bermunculan inovasi-inovasi bagi perkembangan proses pembelajaran ke depannya.

    ReplyDelete
  107. Siti Efiana
    15301241029
    S1- Pend.Mat I 2015

    Terima kasih atas videonya, Prof. Video ini memberikan gambaran kepada saya mengenai Lesson Study. Menurut saya, Lesson Study ini sangat bermanfaat sebagai evaluasi agar pembelajaran ke depan lebih baik lagi karena terkadang kita tidak menyadari bahwa telah melakukan kesalahan sehingga memang memerlukan orang lain untuk mengingatkan dan memberikan saran-saran yang membangun.
    Kemudian, tadi saya juga semakin mengetahui bahwa LKS itu dibuat untuk membantu siswa belajar, sehingga harus ditulis langkah-langkah dan sintax yang jelas.

    ReplyDelete
  108. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    Pendidikan matematika A 2015

    Terimakasih Prof untuk video yang telah dibagikan mengenai lesson study. Lesson study merupakan suatu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif, yang merupakan suatu pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekolompok guru yang bertujuan untuk mebangun pembelajaran yang lebih baik. Dengan lesson study ini dapat diketahui bagaimana aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Dari lesson study diharapkan guru dapat memperoleh pemahaman yang lebih bagaimana siswa belajar dan guru mengajar, meningkatkan pembelajaran sesuai dengan pendekatanyang digunakan dan saling membina atau sharing pengetahuan antar guru sehingga dapat menciptakan pembelajaran ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  109. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Terima kasih Prof. atas informasi dan ilmunya yang telah dibagikan. Mengenai lesson study di universitas hal tersebut mempunyai peranan yang sangat penting terkait kelangsungan proses pembelajaran di kelas. Penggunaan perangkat pembelajaran juga merupakan salah satu komponen yang sangat penting di dalam lesson study. Baik untuk lesson study maupun perangkat pembelajaran yang dibuat harus mempunyai sintak yang jelas agar pembelajaran yang akan dilaksanakan juga mencapai tujuan yang jelas.

    ReplyDelete
  110. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Video yang Prof share sangat bermanfaat. Setelah menyaksikan video tersebut, saya mengetahui bahwa lesson study sangat bermanfaat yaitu memberikan suatu pelatihan pada calon pendidik untuk melaksanakan pembelajaran yang kolaboratif dan berkelanjutan

    ReplyDelete
  111. Okta Islamiati
    15301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Dari video tersebut, lesson study merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran yang selama ini cenderung konservatif. Lesson study dapat menjadi salah satu wadah untuk merefleksikan kegiatan pembelajaran. Lesson study memiliki berbagai manfaat, baik bagi guru maupun siswa. Guru dapat menentukan strategi dan model yang cocok bagi siswa, sedangkan siswa dapat menyampaikan pendapat mereka secara terbuka.

    ReplyDelete
  112. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Lesson study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik (guru) melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan, berlandaskan prinsip-prinsip colleagues and mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Dari video yang dibagikan Prof. Marsigit saya menangkap kalimat yang sangat bermakna yaitu tentang prinsip latihan. Prinsip latihan diartikan dengan menunggu siswa yang berlajarnya lamban dan melayani siswa yang belajar dengan cepat. Dalam arti lain prinsip latihan adalah belajar berdasarkan potensi yang dimiliki oleh siswa.

    ReplyDelete
  113. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Terimakasih telah membagikan video Lesson Study, dari video tersebut Lesson Study dapat dijadikan cara lain dalam proses pembelajaran di kelas. Proses pelaksanaan pembelajaran oleh guru secara kolaboratif.

    ReplyDelete
  114. Isykarima Nur S
    15301241032
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas videonya, Lesson study tentunya sangat perlu dilakukan untuk mngevaluasi pembelajaran agar dapat menciptakan suatu pembelajaran yang lebih baik. Melalui Lesson Study ini juga dapat diperoleh inovasi-inovasi baru yang mendukung kegiatan belajar mengajar untuk yang akan datang.

    ReplyDelete
  115. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Lesson study merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mempelajari hal-hal terkait proses pembelajaran. Lesson study membantu guru dalam perancangan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi terhadap proses pembelajaran yang berlangsung. Dengan adanya lesson study, saya menjadi mengerti bagaimana pembelajaran dilaksanakan-baik keadaan kelas maupun siswa dengan karakter yang berbeda-beda.
    Terimakasih Prof atas video yang dishare kepada kami.

    ReplyDelete
  116. Amayda Ade Pramesti
    15301244012
    S1 Pend.Mat A 2015

    terimakasih Prof atas video yang sudah dishare kan. Lesson study penting untuk membantu meningkatkan pembelajaran yang lebih baik melalui evaluasi - evaluasi atau refleksi yang sudah dilakukan

    ReplyDelete
  117. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Termakasih prof telah membagikan vodeo yang berkaitan dengan Lesson Study. Dari video tersebut dilakukan untuk dapat menciptakan suatu proses pembelajaran yang baik. Sehingga dengan Lesson Study dapat mendukung kegiatan belajar.

    ReplyDelete
  118. Nur Sholihah
    15301241020
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Lesson study merupakan salah satu hal terpenting ketika kita akan mengajar, karena dengan perencanaan yang matang eksekusi atau proses belajar mengajar pun akan berjalan lancar pula. Dengan lesson study ini kita dapat merencanakan pembelajaran yang terstruktur dan inovatif sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna bagi siswa.

    ReplyDelete
  119. Nur Sholihah
    15301241020
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Saya sangat setuju dengan perkataan Bapak mengenai LKS atau sekarang ini disebut sebagai LKPD. LKPD ini memang bukanlah ajang untuk latihan soal bagi siswa, namun untuk memfasilitasi siswa belajar. Selain itu, pembelajaran saat ini dituntut untuk student center sehingga LKPD ini merupakan salah satu upaya kita untuk memaksimalkan kegiatan inti pembelajaran agar siswa sendiri yang membangun pengetahuannya dan mendapatkan kesimpulan dari apa yang mereka dapat setelah mengerjakan LKPD.

    ReplyDelete
  120. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Terimakasih Prof atas videonya mengenai Lesson study. Lesson study merupakan model pelatihan guru dalam meningkatkan kinerja guru yang dilakukakan bersama dengan sekelompok guru yang lain, agar kinerjanya menjadi lebih baik. Lesson study merupakan metode yang digunkan guru dalam menghadapi permasalahan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  121. Yuni Pratiwi
    15301241005
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Lesson study merupakan salah satu program pengembangan kemampuan keprofesionalan guru yang dikembangkan pertama kali di Jepang untuk meningkatkan kualitas guru dalam proses pembelajaran. Lesson study adalah suatu proses kolaboratif dimana sekelompok guru mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran, merencanakan suatu perbaikan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran (salah satu dalam kelompok guru mengajarkannya, sementara guru lain sebagai pengamat), mengevaluasi dan merevisi pembelajarannya, mengajarkan pembelajaran yang telah direvisi, mengevaluasi lagi, dan berbagi (menyebarluaskan) hasilnya kepada guru-guru lain.

    ReplyDelete
  122. Intan Heryani Putri
    1530124101
    S1 Pendidikan Matematika 2015

    Terima kasih atas videonya, Prof. Menjadi salah satu referensi ilmu terkait strategi untuk mengajarkan matematika. Menurut Akhmad Sudrajat dalam papernya, yang berudul "Lesson Study untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Pembelajaran", Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru.

    Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk:
    (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar;
    (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran;
    (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif.
    Serta
    (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.

    Manfaat yang yang dapat diambil Lesson Study, diantaranya: (1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya,
    (2) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota lainnya, dan
    (3) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study.

    Lesson Study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: perencanaan (plan); pelaksanaan (do); refleksi (check); dan tindak lanjut (act).

    ReplyDelete