Nov 24, 2014

Lesson Study di Universitas

Ass. Wr. Wb.


Berikut adalah Lesson Study yang diselenggarakan di Universitas. Penggalan Video berikut diambil pada Mata Kuliah "Strategi Pembelajaran Matematika" pada Program S1 Pendidikan Matematika, FMIPA, di mana setelah memelajari berbagai macam landasan, filsafat, ideologi, teori, paradigma dan menyiapkan perangkat dan model pembelajaran, para mahasiswa oleh Dosen Model diberi kesempatan untuk menyimulasikan Pembelajaran Matematika untuk SMP.

Dosen Model: Prof. Dr. Marsigit, M.A.
Counterpart: Nila Amreta Murdiani M.Sc.
Tim Lesson Study: Endah Retnowati, Ph.D. (Ketua), Dr Sugiman, dan Dr. Ali Mahmudi
Guru Model : Ilania dibantu 3 anggota tim sebagai guru bantu model.

Untuk melihat Videonya, silahkan akses:





atau


Demikian semoga bermanfaat.

Wss Wr Wb

Marsigit

75 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Lesson study merupakan suatu sarana evaluasi bagi seorang guru untuk mengetahui apakah proses pembelajaran yang telah dilaksanakan sudah baik atau masih perlu perbaikan. Salah satu negara yang telah melaksanakan lesson study untuk terus memajukan pendidikannya adalah negara Jepang. Di Jepang, lesson study menjadi suatu sarana evaluasi pada pembelajaran matematika sehingga guru mengetahui bagaimana membelajarkan matematika dengan cara yang menyenangkan berdasarkan hasil diskusi bersama guru lain yang menjadi pengamat. Kegiatan lesson study ini sangat perlu digunakan dan diterapkan dalam bidang pendidikan di Indonesia karena guru-guru dapat saling memberikan pendapat dan masukan mengenai apa yang bagus untuk dicontoh dan apa yang kurang dalam pembelajaran. Pendapat dan masukan yang juga dapat diterapkan oleh guru-guru yang lain sehingga diharapkan guru-guru dapat menerapkan pembelajaran yang lebih baik lagi. Selain itu, diharapkan guru juga dapat mengetahui bagaimana cara siswa belajar melalui pengamatan bersama dalam lesson study sehingga guru dapat memberikan pembelajaran di kelas sesuai dengan perkembangan dan kematangan siswa.

    ReplyDelete
  2. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Lesson Study merupakan salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-psrinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Tujuan Lesson Study adalah : (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.

    ReplyDelete
  3. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menurut saya, lesson study sangatlah penting untuk dilakukan oleh para guru. Sebelum guru memasuki kelas, hendaknya mereka telah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pembelajaran, yaitu apa saja yang akan dibicarakan di kelas, kesesuaian dengan topik pembelajaran, alat peraga, media, dan bagaimana untuk menuntun siswa aktif. Selama proses pembelajaran terjadi, guru lain perlu mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas, dan mendiskusikannya setelah jam sekolah berakhir. Sehingga setiap harinya guru akan melakukan perbaikan dan perbaikan untuk menjadi guru yang profesional. Terimakasih.

    ReplyDelete
  4. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Lesson study sangat penting dilakukan oleh guru. Pelaksanaan lesson study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan Lesson Study memusat pada aktivitas guru secara collaborative dengan sesama guru yang dilakukan secara berkelanjutan dalam mempersiapkan rancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi atas pembelajaran yang telah berlangsung. Sangat banyak manfaat dari pelaksanaan lesson study. Beberapa diantaranya yaitu: (1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota lainnya, dan (3) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study.

    ReplyDelete
  5. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study merupakan salah satu cara yang dapat digunakan sebagai usaha dalam meningkatkan profesionalitas guru. Lesson study artinya bahwa untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, seorang guru harus belajar dari pembelajaran tersebut. Dalam praktiknya, lesson study dilaksanakan oleh beberapa guru yang saling bekerja sama untuk memecahkan masalah dan mengembangkan pembelajaran. Sehingga, lesson study sangat baik untuk diterapkan secara kontinu agar pembelajaran yang dilaksanakan menjadi semakin baik seiring berjalannya waktu.

    ReplyDelete
  6. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Memang penting sekalai lesson study untuk diterapkan setiap pengajaran, baik itu di sekolah maupun di luar sekolah. Dari video yang sudah saya tonton, dapat memberikan contoh bagi saya bagaimana lesson study dilakukan dengan benar, sehingga saya mendapatkan pembelajaran yang baik. Dan nanti saya dapat menerapkan itu.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Lesson study merupakan salah satu metode pembelajaran yang dilakukan oleh satu tim atau lebih dari seorang guru. Lesson study sangat berguna dalam mengevaluasi kualitas pembelajaran yang dilakukan. Dalam pembelajaran dengan lesson study ada seorang guru yang mengajar di depan kelas sedangkan yang lain mengamati guru dan siswa ketika pembelajaran berlangsing. Di Jepang lesson study kerap dilakukan sehingga pembelajarannya semakin baik. Kemudian pembelajaran mereka merujuk pada penyelidikan. Seharusnya di Indonesia juga diterapkan seperti demikian. Seperti yang telah dilakukan Bapak pada video ini.

    ReplyDelete
  8. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Lesson study merupakan salah satu cara dalam mengembangkan pembelajaran dan mengaktifkan mahasiswa belajar sehingga dosen dapat melakukan review terhadap kinerjanya sehingga dapat digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga termotivasi untuk selalu berinovasi menjadi dosen yang profesional.

    ReplyDelete
  9. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Lesson Study merupakan pendekatan yang komprehensif menuju pembelajaran yang profesional serta menopang dosen menjadi pembelajar sepanjang hayat dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Lesson study bukan merupakansuatu metode atau strategi pebelajaran tetapi kegiatan lesson study dapatmenerapkan berbagai metode atau strategi pembelajaran yang sesuai dengansituasi, kondisi, dan permasalahan yang dihadapi dosen.

    ReplyDelete
  10. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Saya sangat terkesan dengan proses pembelajaran di Jepang dengan metode lesson study ini. Monitoring dan evaluasi dalam pembelajaran memang diperlukan untuk perbaikan dalam pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik. Tidak hanya di sekolah, namun universitas di Indonesia juga perlu menerapkannya. Salah satunya yaitu dengan melakukan studi banding atau pertemuan antar dosen untuk bertukar ilmu dan pengalaman.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study yang dikembangkan di Jepang ini sangat bermanfaat dan patut untuk ditiru oleh para pendidik di Indonesia. Pasalnya, lesson study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, baik proses maupun hasilnya. Lesson study dilaksanakan bersama dengan sekelompok guru (pendidik) satu mata pelajaran yang bertujuan untuk merefleksi dan mengevaluasi pembelajaran sehingga mereka dapat menentukan bagaimana siswa belajar secara optimal. Melalui lesson study ini guru-guru dapat saling bertukar pengalaman, ide, gagasan, bahkan dapat mendokumentasikan progress pelaksanaan pembelajarannya sehingga, dapat meningkatkan profesionalisme jangka panjang dari guru-guru tersebut, dan selanjutnya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara kontinu.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study merupakan salah satu sarana menuju pembelajaran yang lebih baik dan ideal. Lesson study dilaksanakan oleh beberapa guru. Agar selanjutnya, guru saling bertukar pikiran dan bertukar ide. Harapannya dengan begitu guru bertambah ilmu, ide, dan inovasi pembelajaran agar tercapai pembelajaran yang terus lebih baik lagi sesuai tuntutan jaman.
    Perlu bagi Indonesia untuk mulai menyelenggarakan lesson study ini, mengingat pentingnya hal tersebut bagi kemajuan. Terima kasih Prof Marsigit sudah menginspirasi kami tentang pelaksanaan lesson study ini.

    ReplyDelete
  16. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Lesson study dapat dilakukan disemua jenjang pendidikan, tak terkecuali di universitas. Karena tujuan dari hal ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan selama ini, ataupun untuk merefleksikan pembelajaran yang telah dirancang dan dilaksanakan. Semua anggota yang melihat atau terlibat dalam lesson study ini memiliki kesempatan untuk memberikan refleksi dalam pembelajaran itu.

    ReplyDelete
  17. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Lesson study dilakukan diwilayah guru mengajar dengan menggunakan kelas dalam lingkungan nyata, sehingga akan membiasakan guru bekerja secara kolaboratif baik dengan guru bidang studi dan dengan guru diluar bidang studi, bahkan dengan masyarakat. Lesson Study merupakan kolaboratif antara guru dalam menyusun rencana pembelajaran beserta research lessonnya (penelitian pelajaran), pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dikelas yang disertai observasi dan refleksi. Dengan lesson study para guru dapat leluasa meningkatkan kinerja dan keprofesionalannya yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pembelajaran.

    ReplyDelete
  18. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Lesson Study dapat dilakukan oleh seorang guru dengan bekerja sama dengan guru yang lain dan mengundang seorang dosen sebagai narasumber. Lesson Study demikian sering disebut sebagai School-Based Lesson Study. Lesson study tidak hanya memperhatikan pembelajaran untuk satu kali pertemuan atau satu pokok bahasan saja, melainkan bagaimana membelajarkan satu unit materi pokok dan bahkan bidang studi, dan juga memperhatikan perkembangan siswa dalam jangka panjang.

    ReplyDelete
  19. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Lesson study di Jepang ini diterapkan dengan baik dan sangat dianjurkan untuk dapat diimplementasikan pada pembelajaran di Indonesia. Sama seperti pendekatan dalam proses pembelajaran, lesson study juga dapat meningkatkan kualitas dalam pembelajaran dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Lesson study yang diterapkan untuk guru-guru dalam satu bidang pelajaran juga sangat diperlukan di sekolah kita. Adanya komunikasi dengan sesama guru dibidang yang sama akan dapat meminimalisir masalah yang dihadapi oleh guru dalam satu pelajaran.

    ReplyDelete
  20. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Lesson study merupakan salah satu program pengembangan kemampuan keprofesional guru yang dikembangkan pertama kali di Jepang untuk meningkatkan kualitas guru dalam proses pembelajaran. Lesson study adalah suatu proses kolaboratif dimana sekelompok guru mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran, merencakan suatu perbaikan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran (salah satu guru dalam kelompok guru mengajarkannya, sementara guru lain sebagai pengamat), mengevaluasi dan merevisi pembelajarannya, mengajarkan pembelajaran yang telah direvisi, mengevaluasi lagi, dan berbagi (menyebarluaskan) hasilnya kepada guru-guru lain.

    ReplyDelete
  21. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Lesson Study atau studi pembelajaran banyak sekali manfaatnya dalam proses pembelajaran bagi pengajar dan yang diajarkan. suatu kegiatan pengkajian terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh para guru secara berkesinambungan yang saling bertukar informasi untuk meningkatkan keprofesionalan mereka, dalam rangka studi pembelajaran itu para guru melakukan kolaborasi untuk merencanakan pembelajaran secara bersama-sama, mengobservasi proses pembelajaran bersama-sama dan pada tahap selanjutnya mengadakan refleksi secara bersama pula. Sehingga akan mengetahui bagaimana guru mengajar dan bagaimana siswa belajar.

    ReplyDelete
  22. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Setelah membaca beberapa literatur dan menonton video yang ada dalam tulisan ini, sepertinya Lesson Study begitu menjanjikan untuk dipraktekan dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Apa lagi bila dilakukan pada tingkat Universitas yang keanggotaan Lesson Study diisi oleh dosen-dosen yang memiliki struktur dan ilmu yang tinggi. Sehingga dengan Lesson Study ini, diharapkan mahasiswa calon guru yang mengikutinya mendapatkan bimbingan bagaimana cara idealnya cara belajar, bagaimana idealnya evaluasi pembelajaran, dan bagaimana idealnya mengajar. Namun yang saya perhatikan dalam Lesson Study ini, fokus utamanya tidak hanya pada evaluasi, namun juga peningkatan hasil belajar karena dilakukan dalam waktu yang berkelanjutan.

    ReplyDelete
  23. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Lesson study merupakan model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Dewasa ini lesson study banyak digunakan untuk membangun suasana yang positif dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  24. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study merupakan inovasi dalam pembelajaran matematika dilaksanakan oleh suatu tim yang terdiri dari beberapa guru. Keuntungan dalam Lesson Study adalah guru dapat saling memberikan masukan dalam mengevaluasi pembelajaran. Sehingga hasilnya dapat diimplementasikan di kelas masing-masing setelah mengadakan perbaikan pembelajaran.

    ReplyDelete
  25. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Lesson study adalah suatu proses sistematis yang digunakan oleh guru-guru Jepang untuk menguji keefektifan pengajarannya dalam rangka meningkat hasil pembelajaran. Lesson study merupakan salah satu metode pengembangan profesional guru. Guru-guru secara kolaboratif mengembangkan rencana dan perangkat pembelajaran, melakukan observasi, refleksi dan revisi rencana pembelajan secara bersiklus dan terus menerus. Lesson study ini dapat dilakukan di semua tingkat pendidikan, mulai dari SD sampai universitas.

    ReplyDelete
  26. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Setelah membaca beberapa referensi, saya memperoleh informasi bahwa lesson study merupakan salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran untuk menuju ke arah yang lebih efektif. Dengan lesson study, sekelompok guru bekerja secara kolaboratif dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran. Bergitu banyak manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan lesson study. Guru dapat saling belajar, bertukar pikiran dan pendapat, sehingga kompetensi guru pun bisa meningkat. Selain itu, guru dapat memperoleh pengetahuan mengenai bagaimana cara mengajar dan bagaimana siswa belajar. Dengan demikian, guru bisa terus memperbaiki praktik pembelajarannya agar lebih efektif. Lesson study pertama kali dikembangkan oleh guru SD di Jepang. Namun, lesson study juga dapat diterapkan pada jenjang universitas. Hal ini dikarenakan pada dasarnya lesson study diterapkan guna meningkatkan keefektifan pembelajaran, baik di jenjang sekolah maupun universitas.

    ReplyDelete
  27. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Lesson study merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru dalam berbagai mata pelajaran. Lesson study juga dapat menjadi strategi bagi tenaga pendidik dalam meningkatkan kinerjanya terhadap kegiatan pembelajaran yang hendak dilakukan. Sebegitu besarnya perkembangan yang dapat ditunjukkan oleh beberapa sekolah di Jepang, bahkan Amerika Serikat dapat menjadi sumbangsih pengetahuan bagi guru di Indonesia dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Lesson study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar (Tim Penulis, 2006). Dengan demikian, lesson study bukan metode atau strategi pembelajaran tetapi kegiatan lesson study dapat menerapkan berbagai metode/strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan permasalahan yang dihadapi guru.

    ReplyDelete
  28. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Lesson study telah banyak diterapkan dalam kegiatan pendidikan di Jepang, sekarang pun diketahui telah dikembangkan pada beberapa universitas di Indonesia. Lesson study yang telah diterapkan di Fakultas MIPA Indonesia dikomandoi 3 pendiri universitas IKIP (UM Malang, UNY Yogyakarta, dan UPI Bandung) (Subali dan Kaniawati, 2006). Target program ini adalah guru matematika dan ilmu pengetahuan alam disekitar universitas tersebut. Implementasi lesson study yang dilaporkan ke universitas dapat menumbuhkan atmosfir akademik yang kondusif di lingkungan sekolah. Akan tetapi, di UPI Bandung, lesson study juga diterapkan oleh dosen di universitas (khususnya yang lebih muda) dan memberikan hasil yang cukup baik. Di UM Malang, penerapan lesson study telah diperluas hingga bentuk bantuan terhadap kerjasama guru MIPA pada sekolah perintis. Program ini memberikan dampak positif untuk meningkatkan kualitas proses pengajaran, yang dikemukakan dengan motivasi siswa dan penilaian menjadi lebih meningkat. Pengalaman beberapa perguruan tinggi tersebut, tampak menekankan pada penerapan lesson study dalam kegiatan pembelajaran, sebagai contoh bagaimana mengembangkan asosiasi pengajar MIPA professional (MGMP, KKG, MKKS). Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam proses pengajaran dan pembelajaran, membangun jaringan kolaborasi dengan institusi yang relevan, penerapan pelatihan pengajaran lapangan (PPL), mengadopsi lesson study untuk sertifikasi guru sebagai penjelasan lanjutan.

    ReplyDelete
  29. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study penting diterapkan dalam pembelajaran. Lesson study berguna dalam mengevaluasi bagaimana kualitas pembelajaran yang telah diterapkan. Apakah tujuan dari pembelajaran sudah tercapai, atau apakah metode yang diterapkan sudah efektif. Dengan berbagai masukan dari rekan satu tim akan menghasilkan inovasi dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  30. Lesson study merupakan kegiatan bersama diantara guru untuk mempelajari pembelajaran yang dilakukan. Kegiatan lesson study untuk memperoleh pembelajaran yang berkualitas, mempertahankan pembelajaran yang telah baik dan memperbaiki pembelajaran yang dianggap masih kurang atau belum berjalan dengan baik. Lesson study bukan untuk menilai pembelajaran guru dan guru pun harus mempunyai anggapan bukan untuk dinilai tetapi untuk meningkatkan kualitas dirinya dalam melakukan pembelajaran. yang dapat ditingkatkan dari segi performa guru, intonasi guru, materi yang dijelaskan, pelaksanaan kesesuaian dengan skenario.

    ReplyDelete
  31. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Kegiatan Lesson Study sangat berguna untuk perkembangan pendidikan di Indonesia. Karena kualitas pembelajaran dapat meningkat seiring dengan meningkatnya kualitas para pendidik dalam menyampaikan kegiatan pembelajaran. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat apabila dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan sehingga para guru dapat memperoleh banyak ilmu dan pengetahuan bagaimana cara untuk membelajarkan siswa selama di kelas. Lesson study merupakan kegiatan kolaborasi para guru yang di dalamnya terdapat beberapa tahap yaitu, perencanaan, tindakan, dan evaluasi. Kegiatan ini melibatkan banyak pihak, antara lain guru, kepal sekolah, dosen, dan lain-lain sehingga semua pendidik berkumpul menjadi satu untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang terjadi di lapangan dan diharapkan dapat memecahkan/ menentukan solusi untuk memecahkan masalah-masalah yang dijumpai pada saat proses pembelajaran di kelas sehingga kegiatan pembelajaran akan menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  32. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study adalah salah satu cara menggevaluasi pembelajaran yang dilakukan guru. Namun, lesson study ternyata dapat diterapkan pada mahasiswa calon guru di kampusnya. Salah satu mahasiswa sebagai guru model, dan dosen sebagai salah satu supervisor. Hal tersebut menjadi ajang latihan bagi para mahasiswa sebelum benar-benar terjun ke dunia nyata (di sekolah)

    ReplyDelete
  33. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Lesson study merupakan suatu bentuk kolaborasi antar pendidik, pentingnya lesson study bagi seorang pendidik yaitu para pendidik dapat bertukar pendapat bagaimana mengembangkan rencana dan perangkat pembelajaran, sehingga hasil dari diskusi antar pendidik dapat diimplementasikan di dalam kelas masing-masing. Kegiatan dalam lesson study meliputi perencanaan atau perancangan, kemudian melakukan pengamatan subjek, dan terakhir yaitu refleksi

    ReplyDelete
  34. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Lesson Study seperti sangat baik diadakan di universitas khususnya bidang pendidikan. Dari lesson study tersebut kita dapat mengevaluasi bagaimana pembelajaran yang selama ini sudah terjadi dan bagaimana pembelajaran yang baik yang paling dibutuhkan oleh siswa-siswa selama ini. Dengan demikian dari lesson study ini diharapkan dapat meningkatkan dan memperbaiki proses kegiatan belajar mengajar yang baik dan sesuai sehingga dapat mengaktifkan siswa dan memfasilitasi siswa dengan baik.

    ReplyDelete
  35. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Lesson study harus digunakan dalam pembelajaran karena memiliki tujuan dan proses yang baik dan dapat meningkatkan mutu karena dilakukan dengan kerja sama. Melalui kerja sama dapat membuat hubungtan guru dan murid lebih baik dan dalam pembelajarn akan tercipta pembelajarn yang bisa membuat siswa berkembang. Serta dengan komunikasi yang baik dapat saling mengatasi kesulitan dan kelemahan yang ada. Sehingga siswa bisa mengutarakan kesulitan yang dia miliki dan guru dapat membantu.

    ReplyDelete
  36. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study bermanfaat bagi seluruh calon guru yang sedang belajar di universitas. Semakin banyak pelatihan dan diskusi maka semakin siap untuk melakukan pembelajaran di lingkungan sekolah yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  37. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Lesson study di universitas diperlukan karena pembelajaran dari universitas satu dengan yang lain pasti berbeda. Lesson study ini bersifat melengkapi ilmu yang ada. Saling bertukar gagasan untuk mendapatkan pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  38. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran di kampus tentang landasan, filsafat, ideologi, teori, paradigm, menyiapkan perangkat dan model pembelajaran perlu diaplikasikan dalam bentuk simulasi pembelajaran matematika sekolah. Bekal yang diberikan dosen-dosen kita membantu kita untuk lebih siap terjun di dunia pendidikan sekolah.

    ReplyDelete
  39. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih yang tak tertingga kami ucapkan kepada dosen-dosen kami yang telah memberikan banyak bekal kepada kami dalam menyiapkan pembelajaran di sekolah dengan baik. Awalnya kami tidak tahu apa-apa tentang bagaimana menyelanggarakan pembelajan di dalam kelas dan sekarang kami menjadi lebih tahu bagaimana memberikan pembelajaran yang semestinya bisa diaplikasikan di sekolah.

    ReplyDelete
  40. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Lesson study merupakan salah satu inovasi dalam dunia pendidikan. Lesson study dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas. Dari video di atas, kita mampu melihat salah satu contoh lesson study yang pernah dilaksanakan di Indonesia. Sehingga terlihat jelas alur-alur dari lesson study, yaitu mulai dari plan (merencanakan), do (melaksanakan), dan see (refleksi). Sehingga dari video tersebut pula kita mampu menganalisis bagaimana proses lesson study berlangsung, sehingga dapat memahami lebih tentang lesson study dan mampu mengaplikasikannya.

    ReplyDelete
  41. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Lesson study biasa dilakukan oleh guru-guru sebagai sarana evaluasi pembelajaran yang telah dilakukannya. Ketika hal tersebut diperkenalkan kepada mahasiswa yang nota bene calon guru, maka harapannya adalah mereka kelak dapat melakukan hal yang serupa ketika telah terjun ke dalam dunia pendidikan yang sesungguhnya. Tujuan utamanya adalah memberikan bekal kepada mahasiswa dengan cara mempraktikkannya langsung. Lesson stdy telah diterapkan diberbagai negara. Namun, di Indonesia masih jarang ditemui. Padahal hal tersebut sangat berguna baik bagi guru maupun siswa. guru dapat terus menerus melakukan inovasi pembelajaran, tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswanya.

    ReplyDelete
  42. Fina Fitri Nurjannah
    14301244005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study telah banyak dilakukan di berbagai negara, salah dua yang pernah disampaikan Prof.Marsigit adalah di Jepang dan Australia. Kedua negara tersebut memiliki istilah berbeda mengenai “lesson study”. Namun pada dasarnya kegiatan yang dilakukan adalah sama, yaitu mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru. Lesson study yang menarik di Australia adalah keterpaduan antara guru model, guru kelas, dosen, dan mahasiswa pengamat. Mereka bersinergi sehingga pembelajaran yang dilakukan guru model tidak hanya dievaluasi dosen tetapi juga guru kelas. Selain itu, kurikulum yang disusun disekolah merupakan hasil rapat antara universitas, guru, dan kepala sekolah. Sedangkan di Jepang, lesson study yang dipaparkan oleh Prof.Marsigit adalah lesson study dalam skala besar (internasional). Berdasarkan foto yang disajikan Prof.Marsigit, hal yang sangat menarik adalah lesson study dilakukan secara terbuka yang diikuti tidak hanya oleh dosen dan guru, tetapi juga diikuti oleh orangtua dan masyarakat umum. Sehingga evaluasi proses pembelajaran yang dilakukan lebih luas dan bervariatif.

    ReplyDelete
  43. Fina Fitri Nurjannah
    14301244005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Lesson study sangat diperlukan dalam perbaikan pembelajaran demi terwujudnya inovasi pembelajaran dan proses pembelajaran yang lebih baik. Proses pembelajaran yang baik adalah yang membantu dan memfasilitasi kemampuan siswa yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri lesson study sudah dilakukan oleh para guru dan dosen. Namun sayangnya, diskusi yang berlangsung masih belum maksimal seperti yang disampaikan Prof.Marsigit dalam perkuliahan etnomaematika. Diskusi yang dilakukan belum secara mendalam membahasa mengenai proses pembelajaran yang berlangsung.

    ReplyDelete
  44. Fina Fitri Nurjannah
    14301244005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam postingan artikel Prof.Marsigit yang lain telah dijelaskan mengenai pelaksanaan lesson study di daerah bantul. Lesson study tersebut menurut saya cukup berjalan dengan baik dan Prof.Marsigit sangat memfasilitasi para guru dalam sesi tanya jawab dengan beberapa guru pengamat dan guru model. Diharapkan dengan adanya guru besar yang telah memiliki banyak pengalaman luar biasa diluar negeri mampu memfasilitasi para guru untuk menjadi guru yang profesional, inovatif, dan berwawasan luas mengenai pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  45. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. terimakasih Prof. Marsigit atas link video lesson study di universitas yang dibagikan. Menarik sekali melihat bagaimana lesson study dilakukan dalam bentuk video, memberikan gambaran secara konkrit bagaimana lesson study dilaksanakan.

    ReplyDelete
  46. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Berdasarkan video tersebut saya mengetahui bahwa perlu adanya variasi konten LKS. Hal ini seperti yang terjadi pada sekolah yang berada di Inggris yang telah Bapak cerritakan pada salah satu elegi. Siswa dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan matematisnya menjadi tiga kelompk yaitu siswa dengan kemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Setiap kelompok ini mendapatkan LKS yang berbeda sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya siswa dengan kemampuan rendah, diberikan LKS yang memberikan banyak petunjuk, semakin tinggi tingkat kemampuan matematisnya semakin kurang petunjuk yang diberikan dalam LKS. Pembelajaran seperti ini akan mampu mengembangkan kemampuan masing-masing siswa sesuai dengan kebutuhan mereka.

    ReplyDelete
  47. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam lesson study, diperlukan suatu keterbukaan pendapat antar pendidik. Lesson study biasa dilakukan pada pelatihan-pelatihan atau workshop yang biasa diadakan untuk para guru, diharapkan guru dapat selalu mengikuti pelatihan tersebut guna meningkatkan kompetensinya dalam mengajar.

    ReplyDelete
  48. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Lesson Study adalah proses kegiatan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun learning community”.Siapa yang melaksanakan pengkajian? Tentu saja kelompok guru yang sadar terhadap pentingnya upaya peningkatan kompetensi mereka dalam proses belajar mengajar. Menurut Walker (2005) Lesson Study merupakan salah satu metode pengembangan profesional guru.

    ReplyDelete
  49. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas link video yang telah Bapak berikan sehingga dapat menjadi pembelajaran baik oleh guru maupun calon guru ketika melaksanakan pembelajaran dikelas.

    ReplyDelete
  50. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study penting untuk diterapkan di Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan menerapkan lesson study maka pembelajaran diharapkan menjadi lebih baik. Dalam lesson study, guru, kepala sekolah, dan para peneliti secara kolaboratif merencanakan pelaksanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran. Dengan begitu, akan ada perbaikan strategi pembelajaran yang kontinue yang dapat meningkatkan hasil pembelajaran secara kontinue juga.

    ReplyDelete
  51. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Terima kasih kepada Prof. Marsigit atas videonya. Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Dengan Lessonn Study ini diharapkan memberikan banyak manfaat dalam dunia pendidikan, antara lain untuk meningkatkan profesionalisme guru, meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan potensi, melayani kebutuhan belajar siswa dan mengembangkan berbagai alat peraga atau alat bantu pembelajaran, dsb. Terlebih bagi mahasiswa yang masih terus belajar menjadi guru ataupun yang sudah menjadi guru, lesson study ini akan sangat bermanfaat untuk masa mendatang.

    ReplyDelete
  52. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran. Lesson Study bukan sebuah proyek sesaat, tetapi merupakan kegiatan terus menerus yang tiada henti dan merupakan sebuah upaya untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam Total Quality Management, yakni memperbaiki proses dan hasil pembelajaran siswa secara terus-menerus, berdasarkan data. Lesson Study merupakan kegiatan yang dapat mendorong terbentuknya sebuah komunitas belajar (learning society) yang secara konsisten dan sistematis melakukan perbaikan diri, baik pada tataran individual maupun manajerial.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  53. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Lesson Study memiliki 4 (empat) tujuan utama, yaitu untuk : (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang dapat dimanfaatkan oleh para guru lainnya, di luar peserta Lesson Study; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  54. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Lesson study merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada, lesson study ini juga untuk mengidentifikasi kesulitan kesulitan dan hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran, lesson study ini dilakukan oleh guru guru, pengamat dl untuk saling memberikan pendapat dan solusi agar kesulitan kesulitan yang ada dapat teratasi dan guru guru juga dapat share pengalamannya dalam melakukan pembelajaran.

    ReplyDelete
  55. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study awal mula dikembangkan di negara Jepang. Lesson study ini merupakan suatu cara untuk evaluasi proses pembelajaran yang dikakukan secara bersama oleh beberapa guru. Diharapkan dengan adanya lesson study ini kualitas profesionalisme guru akan menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  56. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Meskipun lesson study berasal dari jepang akan tetapi konsep lesson study sudah mulai banyak diterapkan di beberapa negara. Pada pertemuan terkhir kuliah etnonatematika prof. marsigit menayangkan foto-foto beliau ketika berkunjung di suatu universitas di Australia. Disana implementasi dari lesson study sudah digunakan oleh mahasiswa tidak terbatas hanya oleh guru. Guru, profesor dan mahasiswa baik yang menjadi model ataupun kelompok lesson study kemudian secara bersama-sama melakukan evaluasi terhadap pembelajaran sebelumnya.

    ReplyDelete
  57. Endryana Listyarini
    14301241034
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Istilah lesson study pada awalnya saya ketaui dari kuliah umum bersama salah satu dosen dari Thailand. Beliau mempresentasikan materi yang berjudul “Open Approach and Lesson Study: Two Innovations for Improvement of Learning and Teaching Mathematics”. Melalui kuliah umum yang saya ikuti ini, saya jadi sedikit mengetahui apa itu lesson study. Menurut saya lesson study adalah cara yang digunakan guru untuk meningkatkan pendekatan pembelajaran yang digunakan. Dengan menggunakan lesson study diharapkan guru dapat melakukan pembelajaran di kelas lebih baik lagi. Sebenarnya lesson study penting dilakukan oleh guru, namun masih banyak guru yang tidak menerapkan lesson study dan hanya sekedar memasuki kelas dan memberikan materi. Persiapan sebelum memasuki kelas sangat penting, salah satunya dengan mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam pembelajaran, seperti menyiapkan perangkat pembelajaran RPP dan LKS.

    ReplyDelete
  58. Endryana Listyarini
    14301241034
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Setelah mengamati isi video yang Bapak berikan ini, ada hal penting yang saya temukan yaitu penjabaran mengenai LKS yang disampaikan oleh Bapak. Pembahasan LKS ini adalah tanggapan setelah melakukan simulasi pembelajaran matematika untuk SMP. Jadi LKS bukan hanya lembaran yang berisi soal-soal. LKS merupakan perangkat pembelajaran yang digunakan untuk memfasilitasi proses belajar. Pada hakikatnya LKS berisi informasi, tahap-tahap, proses berpikir, dan proses menemukan.

    ReplyDelete
  59. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Lesson Study untuk dosen diharapkan bisa memunculkan kolaborasi dalam mengembangkan kualitas pembelajaran yang pada akhirnya tercipta kondisi dosen dan mahasiswa yang saling berkolaborasi dalam kegiatan transfer ilmu di perguruan tinggi.

    ReplyDelete
  60. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Kita biasanya mengenal Lesson Study yang dilakukan di sekolah. Ternyata Lesson Study bisa dilakukan universitas.
    Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melaksanakan lesson study adalah: membentuk tim Lesson study, memfokuskan pada suatu tema tertentu, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran untuk di-study, mempersiapkan pengamatan, mengadakan konferensi tentang pelaksanaan pelajaran, : melakukan refleksi dan menyusun langkah berikutnya.

    ReplyDelete
  61. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Menurut sumber yang saya baca, manfaat lesson study yang dilakukan di Universitas antara lain:
    adalah: Pertama, Lesson Study merupakan suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan dosen dan aktivitas belajar mahasiswa; Kedua,Lesson Study merupakan kegiatan yang dirancang dengan baik akan menjadikan dosen menjadi profesional dan inovatif.

    ReplyDelete
  62. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Maka para tenaga pendidik di perguruan tinggi memerlukan upaya yang lebih daripada menyampaikan ceramah di depan kelas tetapi bagaimana menjadi kreatif dan aktif agar dapat menciptakan mahasiswa yang professional, aktif, dan kreatif pula. Oleh karena itu sosialisasi kegiatan Lesson Study for Learning Community diharapkan mampu menjadi jembatan ke arah tersebut melalui pertukaran informasi dalam metode pembelajaran, penyusunan usulan program dan pelaporan Lesson Study.

    ReplyDelete

  63. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Lesson study adalah proses kegiatan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Pengkajian pembelajaran ini dilakukan oleh sekelompok guru yang sadar terhadap pentingnya upaya peningkatan kompetensi mereka dalam proses belajar mengajar. Lesson study ini telah berkembang sejak abad 18 di negara Jepang. Dalam Bahasa Jepang Lesson study dikenal dengan “jugyokenkyu” yang merupakan gabungan dari dua kata “jugyo” yang berarti lesson atau pembelajaran, dan “kenkyu” yang berarti study atau kajian. Dengan demikian lesson study merupakan proses pengkajian terhadap pembelajaran.

    ReplyDelete
  64. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menurut saya, lesson study sangat penting dilakukan, baik itu untuk mahasiswa calon guru maupun untuk guru yang sudah mengajar di sekolah-sekolah. Lesson study berfungsi untuk menilai cara kita mengajar, karena pada saat kegiatan lesson study, guru model akan mendapatkan arahan dari dosen dan nantinya akan mendapatkan koreksi dan saran dari dosen maupun guru lainnya. Dengan begitu, kita dapat bercermin sebenarnya bagaimana cara mengajar kita. Jika tanpa lesson study, kita akan merasa bahwa cara mengajar kita sudah baik padahal sebenarnya belum tentu baik sesuai dengan ekspektasi kita, maka dari itu penting adanya lesson study ini.

    ReplyDelete
  65. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study adalah model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar (Sumar Hendayana, dkk, 2009: 5). Sehingga dalam pelatihannya guru mendapatkan masukan dari guru lain serta dalam forumnya saling bertukar pikiran untuk mendapatkan atau berdiskusi untuk menyelasikan suatu masalah yang terjadi di kelas.

    ReplyDelete
  66. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hasil lesson study tidak serta merta di diamkan. Pertemuan terakhir perkuliahan etnomatematika Prof. marsigit mengatakan bahwa hasil jawaban siswa itu kemudian dipamerkan dalam satu forum untuk dianalisis dan dijadikan bahan perbaikan. Ketika proses lesoon study ini setiap harus bersifat open minded mampu menerima kritikan dan saran untuk proses belajar-mengajar yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  67. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada pertemuan terakhir mata kuliah etnomatematika Prof. marsigit mengatakan bahwa dalam praktik Lesson Study ini harus mencangkup dua hal yang penting yakni Sustain yaitu terus dan berlanjut. Artinya hasil dari lesson study itu digunakan untuk mengembangkan dan perbaikan sehingga pengimplementasiannya berlanjut. Yang kedua yakni Akuntability dapat dipercaya artinya apapun yang disampaikan pasti dan haruslah benar sehingga dapat dipercaya oleh yang lainnya.

    ReplyDelete
  68. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study sangat diperlukan dalam rangka membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan digencarkannya Lesson study di Indonesia maka cara mengajar guru dapat dilakukan perbaikan sehingga tingkat keprofesionalitasan guru menjadi meningkat. Selain itu dengan diadakannya lesson study maka guru mempelajarai kemudian mengevaluasi kesulitan-kesulitan dalam melakukan pembelajaran di kelas kemudian dapat ditanyakan kepada para ahli yang pada akhirnya dapat dicari solusinya secara bersama-sama.

    ReplyDelete
  69. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study di universitas perlu dikembangkan guna membantu mahasiswa calon guru berlatih merancang dan melaksanakan pembelajaran di suatu replika kelas. Dalam prakteknya, mahasiswa model mendapatkan masukan dan tanggapan dari mahasiswa lain, juga dari dosen yang mengampu. Pada contoh diatas, dapat memberi gambaran kepada kita bagaimana pelaksanaan lesson study di universitas

    ReplyDelete
  70. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Evaluasi, monitoring, peningkatan, dan perbaikan dalam proses pembelajaran memang hendaknya terus dilakukan secara konsisten. Hal ini akan berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran itu, sehingga kualitas anak didik juga akan semakin kompeten. Salah satu bentuk upayanya yaitu dengan lesson study.

    ReplyDelete
  71. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study merupakan suatu bentuk kegiatan dalam hal pembinaan atau pelatihan seorang pendidik melalui monitoring yang dilakukan oleh beberapa ahli atau sesame pendidik yang setara. Dengan lesson study ini diharapkan mampu membangun komunitas belajar yang berguna dalam peningkatan kualitas pembelajaran yang berimplikasi pada mutu pendidikan.

    ReplyDelete
  72. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study tidak hanya dapat dilakukan di sekolah oleh seseorang yang telah menjadi guru, tetapi juga dapat dilakukan di universitas seperti yang ada di dalam video tersebut. Hal ini dapat memberikan masukan-masukan kepada mahasiswa calon guru nantinya. Sehingga dengan masukan-masukan yang membangun akan menjadi bekal mahasiswa calon guru untuk dapat diterapkan saat menjadi guru di sekolah.

    ReplyDelete
  73. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study merupakan kegiatan mempelajari pembelajaran.. Lesson study dapat dilakukan baik di sekolah oleh para guru dan kepala sekolah maupun di universitas oleh para dosen dan calon guru. Di universitas, calon guru sudah mulai mempelajari cara menyusun rencana pembelajaran, cara melaksanakan pembelajaran, dan cara mengevaluasi pembelajaran. Sehingga, kegiatan tersebut menjadi bekal kelak ketika sudah menjadi guru yang sesungguhnya agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan lebih baik.

    ReplyDelete
  74. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Kegiatan lesson study yang dilakukan di universitas merupakan salah satu upaya memperbaiki mutu pendidikan. Dengan lesson study tersebut, sejak awal para calon guru sudah diajarkan cara merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran. Sehingga, mereka tahu bahwa dalam pembelajaran, guru tidak hanya sekedar mengajar, namun perlu adanya perencanaan dan evaluasi. Dengan begitu, ketika menjadi guru, diharapkan kualitas pembelajaran meningkat dan prestasi siswa juga meningkat.

    ReplyDelete
  75. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Lesson study pada awalnya diterapkan di negara Jepang dan membuahkan hasil yang memuaskan, yaitu terbukti majunya mutu pendidikan di Jepang dengan adanya lesson study. Menurut saya lesson study akan sangat bagus jika dapat diterapkan di Indonesia karena melalui lesson study guru dapat mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui penilaian/sudut pandang rekan sejawat sehingga muncul semangat untuk memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik pada diri guru.

    ReplyDelete