Nov 24, 2014

Lesson Study di Universitas

Ass. Wr. Wb.


Berikut adalah Lesson Study yang diselenggarakan di Universitas. Penggalan Video berikut diambil pada Mata Kuliah "Strategi Pembelajaran Matematika" pada Program S1 Pendidikan Matematika, FMIPA, di mana setelah memelajari berbagai macam landasan, filsafat, ideologi, teori, paradigma dan menyiapkan perangkat dan model pembelajaran, para mahasiswa oleh Dosen Model diberi kesempatan untuk menyimulasikan Pembelajaran Matematika untuk SMP.

Dosen Model: Prof. Dr. Marsigit, M.A.
Counterpart: Nila Amreta Murdiani M.Sc.
Tim Lesson Study: Endah Retnowati, Ph.D. (Ketua), Dr Sugiman, dan Dr. Ali Mahmudi
Guru Model : Ilania dibantu 3 anggota tim sebagai guru bantu model.

Untuk melihat Videonya, silahkan akses:





atau


Demikian semoga bermanfaat.

Wss Wr Wb

Marsigit

7 comments:

  1. Saya memiliki dua komentar yang bisa saya berikan untuk postingan pak profesor.
    1.Melalui link video yang diposting kita bisa mempelajari simulasi yang penting dan bisa kita gunakan sebagai model. Dengan demikian kita terhindar dari kebingungan praktek proses belajar mengajar kontemporer yang banyak disebabkan oleh tidak adanya model tersebut.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  2. 2.Contoh yang disajikan dalam bentuk video jelas lebih mudah dipahami karena bentuknya yang audio visual. Seluk-beluk proses pembelajaran dari mulai landasan, filsafat, ideologi, dan seterusnya juga semua terbahas secara lengkap. Dengan kata lain, videonya selain penting juga memang menarik dan sangat mencerahkan.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  3. Satu komentar tambahan: Proses pembelajaran sangat penting dilakukan secara terarah dan terperinci. Dengan demikian link yang diberikan jelas sangat membantu, terutama sebagai model supaya pembelajaran matematika bisa memberikan hasil yang lebih memuaskan dan terukur sesuai dengan tujuan dan harapan.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  4. Proses pembelajaran terkait dengan ranah kognitif. Menurut teori Bloom tingkatan tertinggi dari kognitif manusia itu adalah ketika melwati beberapa level dan yang terkahir adalah mengcreate, atau menciptakan.
    Dalam video yang di unggah di youtube ini adalah salah satu hasil atau karya mahasisea setelah melakukan proses pembelajaran, dan yang terakhir adalah mensimulasikan lesson study dengan merancang sesuai dengan pemahaman, pengetahuan, analisis, sintesis maupun evaluasi sehingga terbentuklah suatu model pembelajaran yang disimukasikan tersebut.

    16701251016
    PEP B S2

    ReplyDelete
  5. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Dari link video di atas, saya dapat memperoleh pemahaman bahwa lks yang disusun dalam persiapan pembelajaran bukan hanya berisi kumpulan soal tetapi LKS merupakan alat yang digunakan untuk memfasilitasi proses pembelajaran dimana di dalamnya terdapat informasi, tahapan, proses berpikir, proses menemukan, dan proses menyimpulkan yang nanti hasilnya dapat digunakan sebagai bahan diskusi. Karena itu LKS yang baik seharusnya disusun secara variatif menyangkut isi kontennya yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik dimana peserta didik yang tergolong expert akan mendapatkan lks yang berbeda disbanding dengan kelompok peserta didik yang novice agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.

    ReplyDelete
  6. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Video-video yang diunggah di atas memberikan wawasan dan ilmu baru bagi kita terhadap salah satu pelaksaan proses pembelajaran yang mengimplementasikan lesson study yang sudah dirancang sebelum pelaksanaan pembelajaran. Lesson study yang dikembangkan, membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar agar tidak menyimpang dari materi yang di ajarkan.

    ReplyDelete
  7. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Video yang dapat di lihat pada link di atas diharapkan menjadi salah satu sumber belajar, sehingga dapat melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran. Kemudian melakukan perbaikan dengan menerapkannya. Lesson study yang ada harus diamati, kemudian dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Karena setiap orang memilki gaya mengajarnya sendiri-sendiri. Oleh karena itu, lesson study dapat digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.