Nov 8, 2014

Peta 3 - Peta Pendidikan Dunia _ dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 3).

Catatan: Tiga kolom sebelah kiri, mengimplementasikan Pendidikan dengan sangat Formal; sedangkan dua kolom sebelah kanan mengimplementasikan Pendidikan meliputi Formal dan Informal dengan mengembangkan Variasi Metode, Variasi Interaksi, dan variasi Media

10 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Sebagian besar transfer pengetahuan di Indonesia sudah cukup baik. Namun substansial dari transfer ini kurang didapat karena transfer ini hanya sekedar transfer belum memikirkan feedback atau umpan balik yang diterima. Sejujurnya seperti sebuah pembelajaran haruslah menarik agar siswa termotivasi dan memberikan umpan balik. Tentunya suatu proses pembelajaran tidak terlepas dari metode atau cara pembelajarannya. Pembelajaran yang tidak monoton akan membuat siswa tidak jenuh karena mereka diberi kesempatan untuk berpartisipasi menuangkan pendapat dan pandangan mereka terhadap materi yang diberikan. Alhasil mereka timbul semangat aktif di setiap pembelajaran.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Pendidikan di dunia maju yang meliputi pendidikan formal dan informal dengan mengembangan variasi, baik variasi metode, interaksi, dan media. Pendidikan yang bervariasi seperti itu yang mendapatkan hasil lebih baik dan menjadi pelopor berbagai pendidikan di negara-negara berkembang seperti Indonesia contohnya.indonesia juga sedang mempelajari pendidikan seperti apa yang cocok di terapkan di Indonesia untuk bisa berperan serta dalam persaingan global di era masa kini.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Untuk sistem pendidikan Indonesia saat ini, kurikulum 2013, pendidikan sudah mulai mengarah ke pendidikan yang meliputi formal dan informal dengan mengembangkan variasi metode, variasi interaksi, variasi sumber, dan variasi media. Siswa dalam suatu kelas bukan lah individu yang sama, mereka memiliki kemampuan, gaya belajar, karakter dan minat yang berbeda. Oleh karena itu, variasi dalam pembelajaran sangat dibutuhkan. Penggunaan metode yang bervariasi diperlukan agar proses pembelajaran tidak membosankan. Selain itu, karena semua materi pelajaran belum tentu dapat tersampaikan secara maksimal dengan menggunakan suatu metode tertentu, maka penggunaan metode yang bervariasi dengan menyesuaikan dengan materi yang akan diajarkan akan menyebabkan pembelajaran menjadi lebih bermakna. Variasi interaksi dapat melatih kemampuan komunikasi siswa, misalkan melalui kegiatan diskusi, presentasi, tanya-jawab, dan lain-lain. Penggunaan sumber belajar yang bervariasi akan membantu siswa memahami bahwa belajar itu tidak terbatas pada materi di buku teks, belajar bisa bersumber dari benda nyata di sekitar mereka, aktivitas sehari-hari, budaya, dsb. Penggunaan media yang bervariasi akan menyebabkan pembelajaran menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan kreatifitas siswa.

    ReplyDelete
  4. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Guru seharusnya mengembangkan kemampuan dan intuisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang kemudian akan dikaitkan dengan masalah kehidupan sehari-hari. Matematika merupakan kegiatan yang menggunakan benda konkret yang akan diselesaikan masalahnya bersama-sama atau diskusi dengan sesame siswa. Kemudian menarik kesimpulan bersama-sama.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari peta pendidikan dunia yang ketiga juga bahwa yang pertama mengimplementasikan pendidikan formal nya saja sedangkan yang safunya mengimplementasikan pendidikan formal dan informal, sehingga keduanya digabungkan. Dunai sekarng ini juga mengarah ke formal dan informal, karena dalam pendidikan dan di dalam dunia pendidikan formal dan informal sama-sama penting dan saling terhubung. Formal bisa kita contohka adalah pendidikan di sekolah, seperti SD, SMP, dan SMA sedangkan informalnya adlah Course di luar, di bimbimngan belajar.

    ReplyDelete
  6. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari tabel yang dibuat Prof. Marsigit dari Paul Ernest tentang bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di dunia, saya mendapatkan beberapa poin seperti pendidikan di Indonesia mengarah pada 3 kolom di sebelah kiri; tujuan pendidikan matematika masih kembali ke dasar, certification, dan transfer kengetahuan; berdasarkan teori pembelajaran, pendidikan di Indonesia mengarah kepada “bekerja, latihan, dan mengingat”, berpikir dan mencoba, serta pemahaman dan aplikasi; menurut teori mengajar, pendidikan di Indonesia mengarah pada pemindahan pengetahuan, motivasi dari luar, dan ekspository.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Menurut saya Indonesia telah merujuk pada pendidikan secara formal dan informal. Dimana pendidikan untuk zaman modern seperti saat ini hendaknya lebih inovatif dan kreatif dengan mengembangkan variasi metode, media, dan interaksi. Jika kita lihat kondisi pembelajaran di Indonesia saat ini sebagian telah menuju ke arah yang semakin baik. Dengan perubahan kurikulum yang diterapkan saat ini telah tercipta beragam strategi, pendekatan, dan model pembelajaran yang dapat digunakan pengajar. Model pembelajaran yang tentunya dapat menungkinkan siswa melakukan penyelidikan atau mengekplor pengatahuan yang dimiliki untuk memperoleh pengetahuan baru. Selain itu, pembelajaran dimaksimalkan agar muncul kreatifitas siswa dalam menghadapi masalah yang diberikan pada awal pembelajaran. Dari ini, nantinya siswa mampu mendapatkan pengalaman belajar dan membangun konsepnya sendiri dengan melakukan kegiatan. Di mana kita ketahui bahwa konsep yang diperoleh dengan pengalaman sendiri akan lebih melekat pada siswa atai tidak mudah terlupakan.

    ReplyDelete
  8. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Tidak jauh beda dengan peta 1 dan peta 2 tentang peta pendidikan Dunia yang bapak gambarkan, pada peta 3 ini menggambarkan tentang implementasi pendidikan serta metode nya. Terkhusus di Indonesia, teori yang mendukung atau sejalan dengan pendidikan di Indonesia yang sedang menerapkan kurikulum 2013 adalah pendidikan yang bervariasi, sehingga terdapat umpan balik antara guru dan siswa. metode yang bervariasi juga dimaksudkan agar dalam proses belajar mengajar tidak monoton dan membuat siswa bosan dengan mata pelajaran yang sedang berlangsung. Selain metode yang bervariasi, perlu adanya metode dalam berinteraksi atau berkomunikasi antara siswa dan guru sesuai dengan tradisi atau budaya masing-masing dan perlu diperhatikan dalam penggunaan media yang digunakan dalam menunjang pembelajaran. Pada tabel diatas, tentunya Indonesia lebih mengarah pada penjelasan di 2 kolom di sebelah kanan.
    Dengan demikian, diharapkan akan terjadi proses pembelajran yang efektif di dalam kelas.

    ReplyDelete
  9. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sistem pendidikan yang baik memang seharusnya tidak hanya tentang formal saja (bahkan sangat formal), namun pendidikan harus meliputi Formal dan Informal dengan mengembangkan variasi Metode, variasi Interaksi, dan variasi media. Interaksi disini bersifat socialisme yang artinya adanya kegiatan tanya jawab maupun diskusi dalam pembelajaran. Sedangkan metode inovatif perlu dikembangkan dengan didukung oleh media atau perangkat pembelajaran yang membantu proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  10. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya, dengan berkaca pada peta 3 mengenai pendidikan dunia yang dibuat oleh Prof Marsigit dari Paul Ernest, pendidikan di Indonesia telah mengarah pada pendidikan formal dan informal. Transfer of knowledge yang terjadi pada kegiatan pembelajaran sebutulnya telah berlangsung cukup baik. Hanya saja perlu lebih dikembangkan agar memberikan hasil yang maksimal bagi siswa. Sementara itu, variasi metode mengajar serta media pembelajaran yang inovatif dan kreatif semestinya perlu dikembangkan sesuai dengan kondisi siswa di kelas. Guru juga harus dapat mengembangkan dan memberikan motivasi bagi siswa dalam membangun pengetahuannya.

    ReplyDelete