Nov 8, 2014

Peta 3 - Peta Pendidikan Dunia _ dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 3).

Catatan: Tiga kolom sebelah kiri, mengimplementasikan Pendidikan dengan sangat Formal; sedangkan dua kolom sebelah kanan mengimplementasikan Pendidikan meliputi Formal dan Informal dengan mengembangkan Variasi Metode, Variasi Interaksi, dan variasi Media

32 comments:

  1. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Pada tabel, terdapat teori mengajar dengan progessive educator berupa pengembangan. Disini termasuk peran guru yang bisa mulai mengembangkan metode belajarnya hingga media pembelajaran yang bisa dikembangkan lagi. Pembelajaran tidak harus dengan metode ceramah saja walaupun untuk siswa yang slow learner, metode ceramah lebih banyak digunakan. Tapi melakukan pengembangan juga perlu dilakukan agar siswa dapat menumbuhkan dan menanamkan konsep melalui pengalaman belajarnya sehingga pembelajaran bisa tersampaikan lebih baik dan lebih bermakna lagi.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  2. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika B

    Dalam pendidikan formal dibutuhkan kegiatan-kegiatan formal seperti yang dijelaskan pada bagan diatas yaitu pada bagan Old Humanities; adanya transfer of knowledge dari guru kepada siswa, understanding dan application yaitu merupakan pemahaman terhadap ilmu yang disampaikan atau diajarkan oleh guru serta aplikasinya dalam soal maupun kehidupan sehari-hari, expository atau yang biasa disebut dengan ceramah. Selain itu pendidikan informal terkaang dibutuhkan dalam pembelajaran formal dalam mengembangkan kognitif siswa melalui afektif dan psikomotorik. Seperti pada bagan progressive educator, yang mana membutuhkan kreativitas, ekplorasim dan pengembangan pengetahuan siswa untuk mendukung kemampuan kognitif siswa. Pembelajaran melalui diskusi berguna untuk menambah wawasan siswa dalam berbagai hal melalui berbagai persepektif keilmuan yang dimiliki oleh masing-masing orang. Pendidikan formal dan pendidikan informal menggunakan pendekatan yang berbeda dalam pengajarannya, akan tetapi kedua pendidikan tersebut sama-sama bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan dengan pengajaran yang sesuai dan dibutuhkan oleh siswa.

    ReplyDelete
  3. Keadaan pendidikan di Indonesia saat ini, tujuan pembelajaran matematika, teori belajar dan teori mengajar tercermin dalam hubungan progressive edukator dan public educator di mana tujuan pembelajaran Matematika lebih menekankan pada kreativitas dan bagaimana mengembangkan pemahaman melalui matematika. Teori belajar dimana siswa dapat mengkonstruksi dan mengembangkan pengetahuan sendiri dengan berdiskusi memecahkan masalah dalam kelompok dengan menggunakan metode mengajar dari guru yang eksploratif dan bervariasi. Teori mengajar guru menekankan pada proses konstruksi siswa pengembangan, diskusi dan melakukan invertigasi.

    ReplyDelete
  4. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang mempunyai peranan penting dalam usaha peningkatan mutu pendidikan. Sekolah mempunyai peranan penting dalam membentuk karakter anak. Pendidikan yang dilaksanakan harus dapat membentuk karakter peserta didik yang lebih baik. Selain sebagai fasilitator bagi peserta didik, guru juga membantu dalam membentuk watak peserta didik dengan cara memberikan keteladanan, cara berbicara atau menyampaikan materi yang baik. Guru juga harus kreatif dan inovatif agar dalam suatu proses pembelajaran siswa dapat memahami materi dengan baik karena menggap suatu pembelajaran tersebut sangat menarik.

    ReplyDelete
  5. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dari kurikulum 2013 yang sudah diterapkan di Indonesia saat ini telah membawa berbagai perubahan walaupun dalam pelaksanaanya masih terjadi beberapa masalah. Namun, kurikulum 2013 bertujuan untuk menjadikan pendidikan di Indonesia berkedudukan pada progressive educator dan public educator. Dalam kurikulum 2013 guru dituntut untuk melaksanakan pembelajaran inovatif dengan menggunakan berbagai variasi metode, variasi interaksi dan variasi media. Sehingga kreativitas siswa akan terbangun. Siswa menjadi lebih kreatif dalam mengembangkan konsep-konsep yang ia peroleh karena konsep yang ia peroleh berasal dari hasil konstruk mereka sendiri.

    ReplyDelete
  6. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dari peta 3- peta pendidikan dunia diatas dijelaskan bahwa progressive educator dan public educator merupakan landasan dari bentuk pembelajaran yang inovatif. Dimana pada tahap ini aspek yang ditekankan adalah kreativitas; eksplorasi; membangun dan pengembangan pengetahuan melaui variasi metode, interkasi dan media pembelajaran; membangun manusia secara menyeluruh melalui matematika; diskusi; investigasi; dan penilaian diri,. Dimana semuanya merangkum cita-cita atau tujuan dari pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  7. Dini Arrum Putri
    187092519003
    S2 P Math A 2018

    Sudah banyak penelitian dalam dunia pendidikan yang meneliti bahwa pembelajaran dengan media metode model atau pendekatan selain model konvensional itu lebih efektif dibanding dengan model konvensional atau ceramah itu sendiri. Memang harus begitu adanya pendidikan disuguhkan dengan berbagai variasi model dalam implementasinya di proses pembelajaran di kelas, terlebih lagi jika guru dapat memanfaatkan IT di kelaa, tentu keadaan kelas akan semakin efektif. Siswa lebih paham dengan materi, tidak bosan dan akan menumbuhkan minat belajar pada siswa. Dengan penerapan itu semua serta kurikulum 13 yang sudah menuntut demikian maka proses pembelajaran di kelas akan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

    ReplyDelete
  8. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Melihat peta pendidikan yang disajikan di atas mengingatkan kita kembali bagaiaman keadaan pendidikan Indonesia saat ini. Penerapan kurikulum 2013 sebenarnya sudah mengarahkan pendidikan Indonesia ke Progresive educator dan public educator. Dimana tujuan dari pembelajaran itu adalah untuk mengembangkan kreatifitas dan setiap siswa mampu memahami matematika yang dianggap sulit. Seperti yang kita ketahui bahwa kreatifitas bukanlah sesuatu yang dapat diajarkan. Kreatifitas perlu dibiasakan akan keluar dari setiap diri siswa. Guru sebagai fasilitator bertugas untuk bisa melatih siswa mengeluarkan kreatifitasnya dengan mengkonstruk sendiri pemikirannya. Tugas guru dalam kurikulum 2013 yakni sebagai fasilitator juga sudah menunjukkan bahwa pendidikan Indonesia sudah mengarah ke yang lebih baik. Hanya tinggal bagaimana setiap elemen mampu melaksanakan kurikulum ini dengan baik dan benar sesuai tujuan awalnya. Semoga pendidikan Indonesia kedepannya bisa lebih baik.

    ReplyDelete
  9. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Proses pendidikan sekarang bukan lagi sebagai transfer pengetahuan yang dilakukan guru ke siswa. Melainkan bagaimana membuat siswa kreatif dan dapat mengkonstruk sebuah konsep didalam dirinya. Tentunya untuk dapat mewujudkan hal tersebut diperlukan suatu pembelajaran yang mendukung, baik dari segi metode, interaksi, maupun media. Seorang guru pada Kurikulum 2013 dituntut untuk dapat membuat suatu media pembelajaran yang membuat siswa dapat mengkonstruk konsep didalam dirinya. Selain itu seorang guru harus dapat membuat variasi dalam pembelajaran, baik dari segi metode maupun media pembelajaran. Adanya variasi metode dan media pembelajaran akan menjadi sebuah daya tarik siswa dalam mengikuti suatu pembelajaran. Tumbuhnya daya tarik tersebut akan dapat memotivasi dan menumbuhkan minat belajar yang baik dalam diri siswa.

    ReplyDelete
  10. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dalam paradigma constructivisme, teori belajar yang digunakan ialah konstruktivisme dan pengembangan, diskusi dan investigasi. Pembelajaran yang dilakukan lebih aktif dengan melibatkan siswa secara aktif dalam membangun pengetahuannya sendiri melalui kolaborasi dan penyelidikan. Namun dalam keyataannya, kebanyakan praktik di lapangan masih cenderung menerapkan teori belajar transfer pengetahuan, motivasi belajar eksternal, dan pembelajaran ekspositori.

    ReplyDelete
  11. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Teori belajar jika dilihat dari public educator, maka menggabungkan antara diskusi dan belajar mandiri. Artinya, siswa tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan dari belajar mandiri tetapi juga mendapatkan ilmu pengetahuan dari diskusi dengan temannya. Dengan demikian, ilmu pengetahuan yang diperoleh akan jadi lebih luas. Selain itu, diskusi akan mengembangkan kemampuan sosial siswa.

    ReplyDelete
  12. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    dari gambaran di atas dalam peta pendidikan bersumber dari Paul Ernest lebih cenderung membahas mengenai belajar dan pembelajaran. Sistem pembelajaran telah mengalami perubahan. Perbedaan akan tampak terlihat pada pembelajaran jaman dahulu dengan saat ini. Karena saat ini pembelajaran mulai diarahkan pada progressive educator. Dalam perkembangannya diharapkan pembelajaran dapat lebih meningkatkan kreatifitas, eksplorasi dan pengembangan karakter

    ReplyDelete
  13. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Peta 3 – Pendidikan Dunia berbicara mengenai pendidikan formal dan informal. Bahasan yang diangkat mengenai tujuan pendidikan matematika, teori belajar, dan teori mengajar matematika. Ada beberapa aspek yang berkaitan dengan pendidikan formal dan informal yang menyangkut ketiga hal yang baru saja saya sebutan. Pada kesempatan ini saya tertarik menyampaikan pendapat mengenai teori belajar. Seperti pada tabel yang disajikan diatas, teori belajar pada pendidikan formal lebih menekankan pada kerja keras, kemahiran, dan pemahaman. Artinya kerja keras berbuah kemahiran dan menghasilkan pemahaman yang dapat digunakan kembali untuk membuat pengalaman-pengalaman baru. Sedangkan pada aspek pendidikan formal dan informal (2 kolom sebelah kanan) mempunyai arti eksplorasi secara terus menerus yang berupa aktivitas yang dilakukan dan pada akhirnya penerapan di masyarakat luas harus mempertanyakan serta membuat keputusan atas apa yang dilakukan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  14. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Industrial trainer, technological pragmatist, dan old humanist mengimplementasikan pendidikan dengan sangat formal dimana sangat identik dengan adanya keotoriteran guru dan pembelajaran terkesan monoton. Sedangkan progressive educator dan public educator mengimplementasikan pendidikan meliputi formal dan informal dengan mengembangkan variasi metode, variasi interaksi, dan variasi media. Terlihat bahwa progressive educator dan public educator menghasilkan suatu inovasi dalam pembelajaran. Salah satunya adalah perubahan dari teacher center menjadi student center. Dengan adanya student center, siswa dapat aktif selama pembelajaran melalui kegiatan eksplorasi individu maupun kelompok.

    ReplyDelete
  15. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Pengimplementasian pendidikan dengan formal maupun informal jelas berbeda antara satu dengan lainnya. Namun pendidikan saat ini nyata nya bukan lagi tentang bagaimana mentransfer ilmu dari guru kepada siswa. Sekarang, adalah era nya bagaimana siswa dapat menemukan dan menentukan sendiri pengetahuannya. Guru hanya bertindak sebagai fasilitator yang bertugas memfasilitasi dan mengawasi proses pencarian pengetahuan oleh siswa. Namun, tidak semudah itu juga tugas seorang guru, bagaimana membuat siswa tertarik dan bisa menemukan pengetahuan dengan caranya sendiri merupakan sebuah kesulitan yang tak mampu dipungkiri.

    ReplyDelete
  16. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Pendidikan saat ini, pembelajaran tidak hanya mentransfer ilmu dari guru ke siswa atau kadang yang disebut teacher center. Akan tetapi pembelajaran haruslah yang lebih bermakna untuk siswa. sehingga siswa harus dilibatkan dan aktif dalam pembelajaran. Guru hanya sebatas sebagai fasilitator untuk belajar siswa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dita Aldila Krisma
      18709251012
      PPs Pendidikan Matematika A 2018

      Pembelajaran bermakna merupakan suatu proses mengkaitkan informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seorang. Bahan ajar dan sumber belajar harus sesuai dengan kemampuan siswa dan relevan dengan struktur kognitif siswa. Orientasi pembelajaran tidak sekedar dilihat dari pencapaian prestasi akademik atau diukur dengan skala kuantitatif melainkan disertai pengembangan sikap untuk menggali potensi siswa.

      Delete
  17. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Dari bagan ideologi pendidikan ini kita bisa deskripsikan pendidikan formal yang kental merupakan suatu pendidikan yang lebih berorientasi pada penguasaan konsep dasar materi ajar dan tersampaikannya semua isi pembelajaran secara langsung, menuntut kerja keras siswa dalam memahami materi, pembelajarannya bersifat satu arah, guru adalah satu-satunya sumber belajar siswa, cara penguasaan materi siswa lebih bersifat hafalan. Pendekatannya juga menggunakan pendekatan ekspositori yang dimulai dengan penjelasan guru akan definisi, prinsip dan konsep materi pelajaran dilanjutkan dengan memberikan dan menjelaskan contoh-contoh latihan pemecahan masa lalu siswa diberi soal latihan untuk dikerjakan sendiri. Metode yang digunakan dalam ekspositori adalah ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan penugasan. Adanya motivasi siswa dalam pembelajaran yang sangat formal lahir dari motivasi eksternal atau motivasi dari gurunya.

    ReplyDelete
  18. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Pembelajaran gabungan antara informal dan formal dapat dideskripsikan sebagai pembelajaran yang lebih berorietasi pada pengembangan diri dan kreativitas siswa. Cara penguasaan konsep siswa lebih bersifat eksplorasi yang menuntut kemandirian siswa mencari tahu sendiri. Guru bukanlah satu-satunya sumber pengetahuan, pengetahuan bisa bersumber dari diskusi, lingkungan,pengamatan, dan dari diri sendiri. Pembelajaran ini lebih bermakna dari pembelajaran formal yang sangat kental karena pembelajaran ini memberi kesempatan kepada siswa untuk berproses mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Pembelajaran ini sangat berpotensi besar melahirkan motivasi belajar siswa yang bersifat internal. Siswa akan belajar bukan karena instruksi dari gurunya tapi lebih kepada ketertarikan dan dan rasa ingin tahu dari siswa itu sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dita Aldila Krisma
      18709251012
      PPs Pendidikan Matematika A 2018

      Mengingat era impleentasi KTSP, terdapat langkah pembelajaran yaitu eksplorasi. Tampaknya mncul eksploration pada teaching of learning – progressive educator. Eksplorasi disini menunjukkan tahapan pembelajaran yang mana siswa aktif menemukan indomasi dari suatu pengetahuan. Kegiatan eksplorasi ini diharapkan dapat mempelajari hal-hal yang belum diketahui dan memberi kesempatan siswa untuk mengasah kemampuannya, dan menumbuhkan rasa ingin tahu. Peran guru dalam tahapan eksplorasi adalah menggunakan berbagai pendekatan dan media dan memfasilitasi siswa.

      Delete
  19. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Dari tabel yang dibuat Pak Marsigit, dapat diketahui bahwa metode yang digunakan pada masing-masing ideologi adalaH berbeda. Industrial trainer menggunakan metode berupa mentransfer pengetahuan yang dimiliki kepada siswa. Technological pragmatist menggunakan metode motivasi eksternal. Old humanist menggunakan metode ceramah (ekspository). Progressive educator menggunakan metode contruction development, dan public educator menggunakan metode diskusi dan penelitian.

    ReplyDelete
  20. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Tabel di atas menggambarkan efek ketika pendidik memenuhi teori pendidikan. Sementara pelatih industri bertemu dengan teori pengajaran yang dibuat adalah transfer pengetahuan. ketika pendidik progresif memenuhi teori mapan mengajar adalah pembangunan dan pengembangan. Dengan demikian, kita bisa memilih opsi yang metode akan digunakan kemudian sebagai calon pendidik. Pilihan yang terbaik ada pada 2 kolom kanan yang meliputi pendidikan Formal dan Informal dengan mengembangkan Variasi Metode, Variasi Interaksi, dan variasi Media.

    ReplyDelete
  21. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Transfer of Knowledge tidak seharusnya menjadi andalan dan satu-satunya cara mengaajar karena hal ini akan membuat siswa malas dan jenuh. Guru harus ampu menjadi fasilitator yang membangkitkan kemampuan kemandirian siswa dan mendukung siswa dalam mengekplore kemampuan dalam diri seluas-luasnya.

    ReplyDelete
  22. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Sebagian masyarakat Indonesia masih menganggap bahwa belajar yang efektif adalah guru menransfer dan siswa menerima transfer pengetahuan. Mungkin hal ini efektif dari segi waktu, karena siswa hanya dituntut untuk menghafalkan dan mengerjakan soal latihan hingga trampil. Tapi ini bukanlah belajar yang sesungguhnya. Belajar yang sesungguhnya adalah membiasakan siswa untuk menemukan sendiri konsep matematika mereka, sehingga tugas guru hanyalah sebagai fasilitator, memancing kreativitas dan rasa ingin tahu siswa, dan menuntun siswa menjadi aktif dalam pembelajaran. Siswa belajar dari sesuatu yang konkret, bukan dari matematika formal. Karena matematika formal tidak akan menanamkan konsep pada diri siswa, namun memberikan rumus-rumus hafalan yang susah dipahami siswa.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan peta 3 pendidikan dunia tersebut, dapat diketahui bahwa pendidikan yang diterapkan berbeda-beda. Pada masyarakat masyarakat industrial trainer teori pembelajaran yang digunakan adalah bekerja keras, latihan, pengulangan , dan menghafal. Pada masyarakat technological pragmatis, teori pembelajaran yang digunakan adalah penalaran dan praktek. Pada masyarakat old humanis, teori pembelajaran yang digunakan adalah mmenerapkan dan langsung mengaplikasikan dalam dunia pekerjaan.

    ReplyDelete
  25. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Theory of teaching pada progressive educator adalah constructions. Mungkin dalam kaitannya adalah cenderung pada teori belajar konstruktivisme. Konsturksi berkaitan dengan membangin. Konstruktivisme merupakan landasan berpikir dalam pembelajaran yang mana pengetahuan di bangun oleh manusia dengan kata lain, manusia harus mengkonstruksi pengetahuan dan memberi makna melalui pengalaman. Atau dapat dikatakan pula bahwa pengetahuan merupakan konstruksi oleh individu kemudian menjadi skemata. Pengetahuan ini tidak mudahnya mentransfer dari satu orang ke orang lain (dalam hal ini guru dan siswa) karena setiap orang memili skema sendiri-sendiri.

    ReplyDelete
  26. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Dalam peta pendidikan dunia yang dibuat oleh Prof Marsigit dari Paul Ernest menunjukan bahwa pada poin Progressive Educator tujuan dari pendidikan matematika yaitu creativity dan teori dalam pembelajarannya yang exploration dan teori mengajarnya menggunakan construction dan development. Menurut saya sangat bagus sekali untuk menghadapi tantangan zaman yang memasuki era revolusi industry 4.0. Namun yang menjadi pertanyaan , Apakah Indonesia sudah mencapai tahap itu dalam hal pendidikan? Tentunya ini yang menjadi usaha bersama demi kemajuan pendidikan Indonesia dan SDM Indonesia kedepannya.

    ReplyDelete
  27. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dilihat dari tujuan pendidikan matematika, teori belajar, dan teori pembelajaran yang diimplementasikan pada masing-masing kolom menunjukkan bahwa pada tiga kolom pertama, guru mempunyai peran yang sangat besar di kelas. Peran tersebut yakni sebagai pihak yang mentransfer pengetahuan kepada siswa. Sementara tugas siswa adalah menghafalkan pengetahuan tersebut dan berlatih mengerjakan soal sebanyak-banyaknya. Sedangkan pada dua kolom paling kanan, memandang bahwa pendidikan atau pengetahuan adalah milik siswa, sehingga siswa sendiri lah yang menemukan atau membangun pengetahuan tersebut melalui berbagai aktivitas seperti diskusi, investigasi, dll.

    ReplyDelete
  28. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Pembelajaran konstrutivisme dikombinasikan dengan menerapkan berbagai macam model pembelajaran yang variatif dan mengarahkan siswa untuk dapat mengkontruksi pemahaman konsep sesuai dengan tujuan materi yang dipelajari. Dalam merancang strategi belajarnya ini guru harus kreatif dalam misalnya membuat atau menyediakan media atau sumber belajar yang tentunya sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Kreatifnya seorang guru akan memberikan pengaruh berupa motivasi eksternal sehingga minat siswa untuk belajar matematika khususnya dapat lebih meningkat dan juga dapat meningkatkan keyakinan siswa pada pembelajaran matematika. Terimakasih

    ReplyDelete
  29. Lumaurridlo
    18701261010
    S3-PEP 2018

    amanah dari pendidikan nasional kita adalah memanusiakan manusia. artinya creativity, exploration dan construction development menjadi variasi metode dalam pembelajaran. meskipun dalam praktiknya masih terdapat pendidik yang belum mengimplementasikan variasi metode dalam pembelajaran. saya meyakini bahwa pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. undang-undang no 14 tahun 2005 merupakan satu usaha nyata pemerintah dalam memperbaiki mutu pendidikan.

    ReplyDelete
  30. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P.Mat A 2018

    Peta 3 ini adalah lanjutan dari peta 2. Sekarang kita akan meninjau setiap era dari tujuan pendidikan matematika, teori belajar, dan teori mengajarnya. Pada era public educator, seharusnya paradigma kita tentang tujuan pendidikan matematika adalah untuk mengembangkan siswa secara komprehensif melalui matematika dan membangun sikap ilmiah siswa untuk berfikir sebagai pemecahan masalah. Yang untuk mengembangkan siswa tersebut dapat dilakukan dengan gaya belajar siswa masing-masing, mulai dari diskusi, belajar sendiri, dan refleksi. Selain itu, guru sebaik mengedepankan aspek diskusi dan investigasi pada pembelajaran yang dapat memacu siswa mengembangkan diri melalui matematika, karena pola piker matematika merupakan pola pikir secara terstruktur atau pola pikir yang kontruktif sehingga siswa dapat membangun sikap ilmiah darai sana. Pola sikapilmiah siswa inilah yang juga menjadi dasar oenting kehidupan generasi muda untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi dan mengembangkan potensi dalam negeri untuk menjadikan pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkembang dari sebelumnya, sehingga setiap orang harus mempunyai sikap untuk memperbaiki pendidikan dimulai dari perbaikan diri sendiri.

    ReplyDelete