Nov 8, 2014

Peta 3 - Peta Pendidikan Dunia _ dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 3).

Catatan: Tiga kolom sebelah kiri, mengimplementasikan Pendidikan dengan sangat Formal; sedangkan dua kolom sebelah kanan mengimplementasikan Pendidikan meliputi Formal dan Informal dengan mengembangkan Variasi Metode, Variasi Interaksi, dan variasi Media

54 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Sebagian besar transfer pengetahuan di Indonesia sudah cukup baik. Namun substansial dari transfer ini kurang didapat karena transfer ini hanya sekedar transfer belum memikirkan feedback atau umpan balik yang diterima. Sejujurnya seperti sebuah pembelajaran haruslah menarik agar siswa termotivasi dan memberikan umpan balik. Tentunya suatu proses pembelajaran tidak terlepas dari metode atau cara pembelajarannya. Pembelajaran yang tidak monoton akan membuat siswa tidak jenuh karena mereka diberi kesempatan untuk berpartisipasi menuangkan pendapat dan pandangan mereka terhadap materi yang diberikan. Alhasil mereka timbul semangat aktif di setiap pembelajaran.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Pendidikan di dunia maju yang meliputi pendidikan formal dan informal dengan mengembangan variasi, baik variasi metode, interaksi, dan media. Pendidikan yang bervariasi seperti itu yang mendapatkan hasil lebih baik dan menjadi pelopor berbagai pendidikan di negara-negara berkembang seperti Indonesia contohnya.indonesia juga sedang mempelajari pendidikan seperti apa yang cocok di terapkan di Indonesia untuk bisa berperan serta dalam persaingan global di era masa kini.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Untuk sistem pendidikan Indonesia saat ini, kurikulum 2013, pendidikan sudah mulai mengarah ke pendidikan yang meliputi formal dan informal dengan mengembangkan variasi metode, variasi interaksi, variasi sumber, dan variasi media. Siswa dalam suatu kelas bukan lah individu yang sama, mereka memiliki kemampuan, gaya belajar, karakter dan minat yang berbeda. Oleh karena itu, variasi dalam pembelajaran sangat dibutuhkan. Penggunaan metode yang bervariasi diperlukan agar proses pembelajaran tidak membosankan. Selain itu, karena semua materi pelajaran belum tentu dapat tersampaikan secara maksimal dengan menggunakan suatu metode tertentu, maka penggunaan metode yang bervariasi dengan menyesuaikan dengan materi yang akan diajarkan akan menyebabkan pembelajaran menjadi lebih bermakna. Variasi interaksi dapat melatih kemampuan komunikasi siswa, misalkan melalui kegiatan diskusi, presentasi, tanya-jawab, dan lain-lain. Penggunaan sumber belajar yang bervariasi akan membantu siswa memahami bahwa belajar itu tidak terbatas pada materi di buku teks, belajar bisa bersumber dari benda nyata di sekitar mereka, aktivitas sehari-hari, budaya, dsb. Penggunaan media yang bervariasi akan menyebabkan pembelajaran menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan kreatifitas siswa.

    ReplyDelete
  4. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Guru seharusnya mengembangkan kemampuan dan intuisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang kemudian akan dikaitkan dengan masalah kehidupan sehari-hari. Matematika merupakan kegiatan yang menggunakan benda konkret yang akan diselesaikan masalahnya bersama-sama atau diskusi dengan sesame siswa. Kemudian menarik kesimpulan bersama-sama.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari peta pendidikan dunia yang ketiga juga bahwa yang pertama mengimplementasikan pendidikan formal nya saja sedangkan yang safunya mengimplementasikan pendidikan formal dan informal, sehingga keduanya digabungkan. Dunai sekarng ini juga mengarah ke formal dan informal, karena dalam pendidikan dan di dalam dunia pendidikan formal dan informal sama-sama penting dan saling terhubung. Formal bisa kita contohka adalah pendidikan di sekolah, seperti SD, SMP, dan SMA sedangkan informalnya adlah Course di luar, di bimbimngan belajar.

    ReplyDelete
  6. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari tabel yang dibuat Prof. Marsigit dari Paul Ernest tentang bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di dunia, saya mendapatkan beberapa poin seperti pendidikan di Indonesia mengarah pada 3 kolom di sebelah kiri; tujuan pendidikan matematika masih kembali ke dasar, certification, dan transfer kengetahuan; berdasarkan teori pembelajaran, pendidikan di Indonesia mengarah kepada “bekerja, latihan, dan mengingat”, berpikir dan mencoba, serta pemahaman dan aplikasi; menurut teori mengajar, pendidikan di Indonesia mengarah pada pemindahan pengetahuan, motivasi dari luar, dan ekspository.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Menurut saya Indonesia telah merujuk pada pendidikan secara formal dan informal. Dimana pendidikan untuk zaman modern seperti saat ini hendaknya lebih inovatif dan kreatif dengan mengembangkan variasi metode, media, dan interaksi. Jika kita lihat kondisi pembelajaran di Indonesia saat ini sebagian telah menuju ke arah yang semakin baik. Dengan perubahan kurikulum yang diterapkan saat ini telah tercipta beragam strategi, pendekatan, dan model pembelajaran yang dapat digunakan pengajar. Model pembelajaran yang tentunya dapat menungkinkan siswa melakukan penyelidikan atau mengekplor pengatahuan yang dimiliki untuk memperoleh pengetahuan baru. Selain itu, pembelajaran dimaksimalkan agar muncul kreatifitas siswa dalam menghadapi masalah yang diberikan pada awal pembelajaran. Dari ini, nantinya siswa mampu mendapatkan pengalaman belajar dan membangun konsepnya sendiri dengan melakukan kegiatan. Di mana kita ketahui bahwa konsep yang diperoleh dengan pengalaman sendiri akan lebih melekat pada siswa atai tidak mudah terlupakan.

    ReplyDelete
  8. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Tidak jauh beda dengan peta 1 dan peta 2 tentang peta pendidikan Dunia yang bapak gambarkan, pada peta 3 ini menggambarkan tentang implementasi pendidikan serta metode nya. Terkhusus di Indonesia, teori yang mendukung atau sejalan dengan pendidikan di Indonesia yang sedang menerapkan kurikulum 2013 adalah pendidikan yang bervariasi, sehingga terdapat umpan balik antara guru dan siswa. metode yang bervariasi juga dimaksudkan agar dalam proses belajar mengajar tidak monoton dan membuat siswa bosan dengan mata pelajaran yang sedang berlangsung. Selain metode yang bervariasi, perlu adanya metode dalam berinteraksi atau berkomunikasi antara siswa dan guru sesuai dengan tradisi atau budaya masing-masing dan perlu diperhatikan dalam penggunaan media yang digunakan dalam menunjang pembelajaran. Pada tabel diatas, tentunya Indonesia lebih mengarah pada penjelasan di 2 kolom di sebelah kanan.
    Dengan demikian, diharapkan akan terjadi proses pembelajran yang efektif di dalam kelas.

    ReplyDelete
  9. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sistem pendidikan yang baik memang seharusnya tidak hanya tentang formal saja (bahkan sangat formal), namun pendidikan harus meliputi Formal dan Informal dengan mengembangkan variasi Metode, variasi Interaksi, dan variasi media. Interaksi disini bersifat socialisme yang artinya adanya kegiatan tanya jawab maupun diskusi dalam pembelajaran. Sedangkan metode inovatif perlu dikembangkan dengan didukung oleh media atau perangkat pembelajaran yang membantu proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  10. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya, dengan berkaca pada peta 3 mengenai pendidikan dunia yang dibuat oleh Prof Marsigit dari Paul Ernest, pendidikan di Indonesia telah mengarah pada pendidikan formal dan informal. Transfer of knowledge yang terjadi pada kegiatan pembelajaran sebutulnya telah berlangsung cukup baik. Hanya saja perlu lebih dikembangkan agar memberikan hasil yang maksimal bagi siswa. Sementara itu, variasi metode mengajar serta media pembelajaran yang inovatif dan kreatif semestinya perlu dikembangkan sesuai dengan kondisi siswa di kelas. Guru juga harus dapat mengembangkan dan memberikan motivasi bagi siswa dalam membangun pengetahuannya.

    ReplyDelete
  11. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Adanya pendidikan profesi guru, menurut saya merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjadikan pendidikan di Indonesia yang lebih maju sehingga pembelajaran yang terjadi menjadi pembelajaran yang bermakna bagi siswa.
    Selama ini, transfer ilmu dari guru ke siswa sudah berlangsung dengan baik. Namun, masih didominasi oleh teacher center. Sehingga, diperlukan adanya pengembangan variasi metode, variasi interaksi, dan variasi media agar dalam kegiatan pembelajaran, siswa tidak merasa jenuh dengan metode, interaksi atau media yang itu-itu saja.

    ReplyDelete
  12. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pendidikan Indonesia berdasarkan peta ketiga ini, sudah semakin jelas mengarah pada Progessive Educator dan Public Educator yang mengimplementasikan pendidikan Formal dan Informal. Hal tersebut ditandai dengan adanya variasi metode, variasi interaksi, dan variasi media seperti yang sudah guru terapkan saat ini. Selain itu, salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan umumnya, dan kualitas pembelajaran khususnya, guru-guru telah melaksanakan Lesson Study, seperti postingan Prof. Marsigit sebelumnya. Dari Lesson Study tersebut terjadi evaluasi pembelajaran yang berakibat pada munculnya inovasi-inovasi atau variasi terkait pembelajaran guna memenuhi kebutuhan siswa yang beragam.

    ReplyDelete
  13. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Selama ini Indonesia sudah mengupayakan pendidikan Formal dan Informal dimana didalam proses pembelajarannya sudah mengembangkan Variasi Metode, Variasi Interaksi dan Variasi Media seperti pada kurikulum 2013. Seperti yang dapat kita lihat di dalam kurikulum 2013 proses pembelajaran didalamnya sudah mengalami perbedaan baik dari metode maupun media dibanding dengan kurikulum sebelumnya. Dengan perbaikan variasi-variasi dari metode sampai media ini diharapkan pembelajaran di Indonesia menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  14. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dunia industrial trainer, tujuan dari pendidikan matematika adalah aritmatik, teori pembelajaran yang lebih menekankan pada bekerja, latihan, mengulang dan menghafal. Metode mengajar yang digunakan adalah transfer of knowledge. Dunia Technological pragmatist, tujuan dari pendidikan matematika adalah untuk mendapat sertifikasi, teori pembelajarannya adalah berfikir dan praktek. Dunia Old humanist, tujuan dari pendidikan matematika adalah untuk mentransfer pengetahuan yang dimiliki guru, teori pembelajarannya adalah memahami dan mengaplikasikannya, sedangkan metode yang digunakan adalah ekspositori (ceramah). Jadi masing-masing bagian mempunyai tujuan, teori pembelajaran dan metode yang berbeda-beda.

    ReplyDelete
  15. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ketika pembelajaran matematika untuk anak-anak dilaksanakan berdasar tiga kolom sebelah kiri dengan sangat formal maka akan menghasilkan pembelajaran yang membosankan. Hal ini juga ditambah dengan metode pembelajaran yang tidak bervariasi. Siswa terutama yang masih anak-anak akan lebih tertarik dengan pembelajaran dengan progresif edukator dan publik edukator. Hal ini dikarenakan kegiatan investigasi dan konstruksi dalam pembelajaran membuat kesan belajar yang akan lebih membekas dibanding hanya sekedar dengan ekspository. Selain itu variasi yang digunakan dalam pembelajaran, serta memulai pembelajaran dari informal akan merigankan beban kognitif siswa dan akan lebih memanfaatkan pengetahuan awalnya dalam memulai topik baru.

    ReplyDelete
  16. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan peta 3 di atas diketahui bahwa tiga kolom sebelah kiri yang mengimplementasikan pendidikan dengan sangat formal menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran matematika masih sebatas transfer of knowledge sebagaimana dijelaskan pada peta 2 yang berarti bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru, selain itu pada teori belajar yang digunakan sudah mengarahkan pada pemahaman dan aplikasi dan juga mencoba bagi siswa akan tetapi teori mengajarnya masih transfer ilmu dan juga expository yang kurang berpusat pada siswa. Dua kolom sebelah kanan mengimplementasikan pendidikan meliputi formal dan informal yang mana tujuan pembelajaran matematika sudah mengarahkan untuk mengembangkan kreativitas dan juga pemahaman terhadap matematika, teori belajarnya pun dengan kegiatan diskusi dan eksplorasi serta peran guru adalah sebagi fasilitator. Namun saat ini pendidikan di Indonesia masih berada pada tiga kolom sebelah kiri (penjelasan peta 1) dan sedang dikembangkan untuk mengarahkan pada dua kolom sebelah kanan maka dari itu perlu dilakukan inovasi pendidikan agar pendidikan di Indonesia semakin baik.

    ReplyDelete
  17. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Sebenar – benarnya belajar belajar jika siswa terbiasa menemukan sendiri konsep matematika dengan mengkonstruk komponen – komponen yang masih terpisah – pisah yang diberikan oleh guru. Guru betindak sebagai fasilitator yang bertanggungjawab atas kreativitas dan rasa ingin tahu siswa dengan merancang pembelajaran agar kompetensi yang dimiliki leh siswa tersalurkan secara maksimal.

    ReplyDelete
  18. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Melihat peta pendidikan dunia di atas ternyata Indonesia tengah berada dalam upaya mencapai 2 kolom sebelah kanan, dimana Indonesia mulai mencoba untuk mengimplementasikan pendidikan dengan mulai diperlakukannya pendidikan formal dan informal itu ditandai dengan adanya anjuran untuk menggunakan kurikulum 2013 dengan basis pendekatan saintifik yang dikombinasikan dengan model-model pembelajaran yang inovatif. Semoga indonesia dapat mencapai dua kolom sebelah kanan dan menjadi negara terdepan dalam bidang pendidikan dunia. Hal tersebut perlu dukungan dari guru guru agar dapat selalu mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

    ReplyDelete
  19. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Sistem pendidikan industrial trainer, technological pragmatis, dan old humanis sangat formal dimana proses menyalurkan ilmu hanya satu arah yaitu berpusat pada guru sedangkan sistem pendidikan progressive educator dan public educator guru sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2016 diwajibkan untuk dapat mengembangkan macam-macam metode dalam pembelajaran, guru harus dapat menjaga interaksi antara siswa dengan guru pada saat belajar mandiri ataupun diskusi, serta guru harus dapat mengembangkan media pembelajaran agar siswa tidak hanya terpaku pada pembelajaran melalui buku saja, tetapi dapat melalui internet, CD interaktif, games dan melalui smartphone.

    ReplyDelete
  20. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Pendidikan formal adalah pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah, berjenjang dari pendidikan dasar, menengah, sampai pendidikan tinggi. Sedangkan pendidikan informal adalah pendidikan tambahan yang bisa dilaksanakan di mana saja. Pendidikan informal tidak berjenjang dan tidak memiliki materi yang harus disajikan secara fomal. Namun ada juga pendidikan yang disebut sebagai pendidikan nonformal. Pendidikan nonformal bukanlah pendidikan informal. Meskipun sama-sama bukan pendidikan formal. Pendidikan nonformal memiliki materi yang formal dan terprogram. Sehingga lebih ketat dibandingkan dengan pendidikan informal, namun tidak seketat pendidikan formal.

    ReplyDelete
  21. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Adanya sertifikasi yang harus dilewati oleh sebagian dari aspek pendidikan yang berlaku di Indonesia adalah suatu hal yang formal yang juga masih dalam kuasa normatif. Dalam lingkup pendidikan yang bersertifikasi seperti misalnya guru yang sejak beberapa tahun lalu sudah mengenal yang namanya sertfifikasi guru atau guru yang dalam tingkatannya sudah di atas guru biasa. Jika dilihat dari sisi yang lain menjamurnya berbagai bentuk lembaga pendidikan informal merupakan tanda berkurangnya tingkat kepercayaan terhadap pendidikan formal. Bukan berarti pendidikan formal tidak mampu memberikan apa yang diinginkan bagi para peserta didik, namun lebih kepada kurang maksimalnya segala sesuatu yang didapatkan lewat pendidikan formal sehingga membuat para peserta didik juga banyak yang memutuskan untuk menempuh pendidikan informal.

    ReplyDelete
  22. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Pendidikan yang baik yaitu pendidikan yang terdiri dari pendidikan formal dan informal, karena pendidikan tersebut mengembangkan variasi metode, interaksi dan media. Dengan adanya variasi ini guru akan terbiasa kreatif dan inovatif di dalam pembelajarannya. Siswa pun juga akan merasa senang dan tidak akan merasa bosan dengan pembelajaran yang di dilakukan.

    ReplyDelete
  23. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pengembangan variasi metode, variasi interaksi dan variasi media sangatlah penting dilakukan didalam pendidikan. Dalam proses pembelajaran yang monoton akan menimbulkan kebosanan bagi siswa. Penerapakan kurikulum 2013 juga merupakan salah satu pengembangannya karena banyak perbedaan dengan kurikulum KTSP dari metode, interaksi dan media. Jika pembelajaran memiliki variasi yang sesuai dengan masa pekembangan siswa maka siswa lebih berminat dan memiliki motovasi yang lebih banyak didalam mengikuti pembelajaran.

    ReplyDelete
  24. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Peta pendidikan pendapat Paul Ernest bisa dilihat dan bisa dikatakan baik jika diterapkan, baik dalam dunia pendidikan. Jika dilihat dari tujuan belajar matematika adalah untuk bisa digunakan dalam mengemabngkan matematika itu sendiri, disiplin ilmu lain atau suatu produk dalam tatanan kemajuan. pembelajaran dikelas atau teori belajar alangkah baiknya jika siswa atau mahasiswa bisa diskusi dan mandiri untuk memperoleh suatu ilmu. Pendidikan di Indonesia dapat menuju ke arah yang lebih baik, jika guru dapat menggunakan variasi metode, variasi media, ataupun interaksi selama proses pembelajaran. Hal ini dapat memberi motivasi tersendiri bagi anak didik, sehingga mereka tidak merasa jenuh. Guru tidak hanya menerapkan metode pembelajaran tradisional, dimana kemampuan menghafal siswa sangat ditekankan. Tapi dalam hal ini, guru bisa berpikir kreatif bagaimana caranya agar anak tidak hanya bisa menghafal tapi bisa menemukannya sendiri rumusnya, dan dengan sendirinya mereka akan terus mengingatnya.

    ReplyDelete
  25. Masing-masing pendidikan mempunyai tujuan yang berbeda. Masing-masing sistem pendidikan dapat diselenggarakan. Karena sekolah vokasi akan mempunyai model dan sistem pembelajarannya sendiri. sekolah umum akan mempunyai sistem dan model pembelajarannya sendiri. mungkin metode pembelajarannya mempunyai akar yang sama tetapi variasinya bisa berbeda. Pada vokasi selain sistem praktek yang lebih besar dan drill dapat diterapkan pembelajaran pemecahan masalah, penemuan, atau kooperatif.

    ReplyDelete
  26. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada peta 3 ini dijelaskan peta pendidikan dunia berdasarkan pembelajaran formal maupun informal. Ternyata pendidikan Indonesia sedang menuju ke 2 kolom paling kanan. Bisa dilihat dari implementasi kurikulum 2013 yang menekankan kepada pembelajaran formal dan informal sesuai tingkat pendidikannya. Karena memang pada jenjang tertentu pembelajaran dapat dilaksanakan

    ReplyDelete
  27. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Tidak jauh berbeda dengan peta pendidikan sebelumnya, pada peta 3 ini, menekankan pada inovasi-inovasi yang perlu dilakukan oleh guru guna mendukung proses pembelajaran di kelas. Posisi di Indonesia pun masih berproses dari 3 kolom sebelah kanan menuju 2 kolom sebelah kiri. Dari pembelajaran yang bersifat formal menuju implementasi pendidikan yang bersifat formal dan informal dengan mengembangkkan variasi metode, variasi interaksi, dan variasi media, seperti yang sudah mulai diterapkan oleh beberapa guru di Indonesia saat ini. Dengan penerapan berbagai variasi tersebut diharapkan lebih menjadikan siswa tertarik dan tidak cepat merasa jenuh pada pembelajaran di kelas dimana pemelajaran memang dipusatkan pada siswa, dan tugas guru ialah memfasilitasi siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  28. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Berdasarkan tabel di atas, pendidikan di Indonesia berusaha mencapai suatu pendidikan yang formal dan informal, pendekatan saintifik yang diberlakukan pemerintah pada kurikulum 2013 termasuk pembelajaran yang inovatif, dimana dalam pembelajarannya mengembangkan variasi metode, variasi interaksi, dan variasi media. Dengan pengembangan tersebut pembelajaran akan bermakna sehingga materi yang disampaikan guru akan lebih mudah dipahami bagi siswa.

    ReplyDelete
  29. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Idealnya, pendidikan untuk zaman modern seperti saat ini hendaknya lebih inovatif dan kreatif dengan mengembangkan variasi metode, media dan interaksi. Jika di lihat bagaimana kondisi pembelajaran di Indonesia sebagian telah menuju ke arah yang semakin baik. Berangkat dari kreatifitas siswa, maka diharapkan siswa dapat mengkontruksikan pengetahuannya sendiri. Proses membangun pengetahuan ini tentu tidak serta merta dapat terjadi begitu saja. Siswa sudah memiliki pengetahuan awal atau dasar yang membekali mereka dalam mengeksplorasi pengetahuan lain guna melengkapi kekurangan yang ada untuk membangun pengetahuan barunya.

    ReplyDelete
  30. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Berdasarkan penjelasan di atas, bahwa secara umum di Indonesia masih mengutamakan pendidikan dengan cara yang formal, tidak menghiraukan fleksibilitas yang ada, cenderung kaku. Hal ini sering terjadi berkaitan dengan proses pembelajaran yang begitu-begitu saja tanpa inovasi. Maka kita sebagai guru masa sekaran dan masa depan hendaknya untuk terus berinovasi dan berkreasi untuk memajukan sistem pendidikan yang ada, minimal untuk berbuat benar dalam memposisikan guru dan siswa di dalam kelas (berlatih untuk student center)

    ReplyDelete
  31. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Tabel di atas kembali menjelaskan peta pendidikan yang diklasifikasikan berdasarkan tujuan pembelajaran, teori belajar, dan metode pembelajarannya. Dari hasil pengklasifikasian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada pendidikan jenis industrial trainer memiliki tujuan pembelajaran matematika yaitu kembali ke dasar matematika (arithmatics). Pada jenis ini, proses pembelajaran siswa harus kerja keras, latihan, dan menggunakan metode menghafal. Selain itu pada proses pembelajaran, guru menerapkan metode transfer pengetahuan.

    ReplyDelete
  32. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada pendidikan technological pragmatics memiliki tujuan pembelajaran yaitu mengejar sertifikasi. Pada proses pembelajarannya, mereka menggunakan pemikiran dan metode praktik. Dalam hal ini guru menggunakan metode pemberian motivasi kepada siswa.

    Pada pendidikan old humanist memiliki tujuan pembelajaran yaitu transfer of knowledge. Proses pembelajarannya menekankan pada usaha pemahaman dan aplikasi yaitu dengan menerapkan metode ekspositori.

    ReplyDelete
  33. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada pendidikan progressive educator memiliki tujuan pembelajaran yaitu mengarah pada usaha kreativitas siswa dan guru. Dalam hal ini guru memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk selalu bereksplorasi, sehingga siswa cenderung aktif dan kreatif.

    Pada pendidikan public educator memiliki tujuan pembelajaran yaitu menumbuhkembangkan kreativitas siswa. Pada proses pembelajaran, guru menerapkan metode diskusi dan investigasi.

    ReplyDelete
  34. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan jenis-jenis pendidikan tersebut saya tertarik pada pendidikan progressive educator dan public educator di mana dalam proses pembelajarannya sudah mengarah pada pembelajaran inovatif, yang ditandai dengan adanya kesempatan yang luas kepada siswa untuk bereksplorasi, berinvestigasi, dan penerapan metode diskusi. Akan tetapi, jenis-jenis pendidikan tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

    ReplyDelete
  35. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Peta pendidikan dunia 3 menjelaskan tentang tujuan pendidikan matematika, teori belajar, dan teori mengajar. Yang pertama progressive educator, dijelaskan sebagai berikut
    a. Aim of mathematics education
    Berdasarkan ideologi tersebut, tujuan pendidikan matematika menuntut kreativitas siswa dan dalam pembelajaran melibatkan keatifan siswa.
    b. Theory of learning
    Teori pembelajarannya adalah eksplorasi. Mengeksplor pengetahuan siswa agar siswa terbiasa mandiri, dan membangun pengetahuan mereka sendiri.
    c. Theory of teaching
    Teori pengajarannya adalah konstruktivis atau membangun dan mengembangkan pengetahuannya siswa. Karena dengan system pembelajaran seperti itu, akan mendorong siswa untuk lebih kritis dan kreatif.

    ReplyDelete
  36. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Sedangkan yang kedua, yakni public educator, sebagia berikut,
    a. Aim of mathematics education
    Pendidikan didapat saat anak terlibat aktif dan menyatu dengan semua kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungannya. Orang tua tidak mengisolasi anak-anaknya di dalam sekolah. Maksud dari public educator ini adalah masyarakat turut berperan sebagai mentor dan guru bagi si anak.
    b. Theory of learning
    Teori pembelajarannya adalah diskusi sehingga siswa diberi kebebasan sesuai dengan kemampuannya. Tetapi siswa belum bisa untuk menentukan pilihan sendiri.
    c. Theory of teaching
    Teori pengajarannya adalah diskusi dan investigasi. Metode seperti ini jelas terdapat berbagai model yang digunakan, interaksi bermacam-macam bukan hanya guru-siswa atau siswa-siswa tetapi siswa-lingkungan sekitar (benda maupun oranglain), dan yang terakhir digunakan berbagai macam media yang menarik.
    Referensi:
    http://anisyaseptiana20.blogspot.com/2014/01/implementasi-filsafat-dalam-kurikulum.html
    http://trysagustyamanda.blogspot.com/2014/01/implementasi-filsafat-dalam-pendidikan.html

    ReplyDelete
  37. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam Bagan yang disajikan oleh Pak Marsigit, mengacu pada pendapat Paul Ernest, bahwa dua kolom sebelah kanan mengimplementasikan Pendidikan meliputi formal dan informal dengan pengembangan variasi-variasi dalam pembelajaran. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas, kemandirian, dan kepercayaan diri peserta didik. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik.

    ReplyDelete
  38. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Keadaan pendidikan di Indonesia saat ini, tujuan pembelajaran matematika, teori belajar dan teori mengajar tercermin dalam hubungan progressive edukator dan public educator di mana tujuan pembelajaran matematika lebih menekankan pada kreativitas dan bagaimana mengembangkan kemampuan matematika siswa. Teori belajar dan mengajar lebih mengarah pada siswa di mana siswa bukan hanya sebagai obyek dalam pembelajaran saja tetapi dapat mengkonstruksi dan mengembangkan pengetahuan sendiri dengan berdiskusi memecahkan masalah dalam kelompok dengan menggunakan metode mengajar dari guru yang eksploratif dan bervariasi.

    ReplyDelete
  39. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. jika Indonesia ingin maju maka seharusnya pendidikan di Indonesia melihat matematika sebagai process of thinking dan social activities. Pendidikan Indonesia harus bersifat formal dan informal secara bersamaan. Pendidikan matematika hendaknya menggunakan berbagai macam metode mengajar, variasi intekasi anatara guru, murid, lingkungan, dan sumber belajar, serta variasi media pembelajaran yang digunakan.

    ReplyDelete
  40. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Pendidikan tidak hanya diperoleh melalui pendidikan formal tetapi juga diperoleh melalui pendidikan informal. Pendidikan formal merupakan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah pada umumnya. Jalur pendidikan dimulai mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi. Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri yang dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab. Jadi kedua pendidikan tersebut penting karena bisa saling mendukung.

    ReplyDelete
  41. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Salah satu tujuan matematika yaitu membuat siswa menjadi lebih kreatif dalam berpikir. Hal ini sesuai dengan Peta 3 Pendidikan Dunia yang dibuat oleh Prof. Marsigit dari Paul Ernes bagian kolom keempat. Pendidikan yang baik ialah pendidkan yang bisa mengasah pola piker siswa menjadi berkembang secara positif.

    ReplyDelete

  42. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan Peta 3 Pendidikan Dunia yang dibuat oleh Prof. Marsigit dari Paul Ernes, kita mengetahui bahwa tiga kolom sebalah kiri, mengimplementasikan Pendidikan yang berciri sangat Formal yaitu industrial trainer, technological pragmatis, dan old humanis.

    ReplyDelete
  43. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan Peta 3 Pendidikan Dunia yang dibuat oleh Prof. Marsigit dari Paul Ernes, kita mengetahui bahwa dua kolom sebalah kanan, mengimplementasikan Pendidikan yang berciri Pendidikan meliputi Formal dan Informal dengan mengembangkan Variasi Metode, Variasi Interaksi, dan variasi Media yaitu progressive educator dan public educator.

    ReplyDelete
  44. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sesuai dengan kolom keempat, diskusi adalah suatu hal penting dalam pembelajaran matematika. Siswa bisa saling tukar ide dengan yang lainnya. Diskusi untuk memecahkan masalah akan mengembangkan pola piker siswa. Diskusi harus banyak diterapkan

    ReplyDelete

  45. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan Peta 3 Pendidikan Dunia yang dibuat oleh Prof. Marsigit dari Paul Ernes, yang paling membuat saya tertarik adalah bagian creativity dan discussion. Creativiy di sini akan menumbuhkembangkan kreativitas anak dalam pembelajaran. Sedangkan dengan metode discussion maka akan bisa bekerja sama antar teman dalam memecahkan permasalahan.

    ReplyDelete
  46. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Tabel di atas menjelaskan tentang dunia pendidikan formal dan informal, misalnya saja dalam proses pembelajaran. Transfer of knowledge tidak seharusnya menjadi andalan dan satu-satunya cara mengajar, namun guru harus mampu menjadi fasilitator yang membangkitkan kemampuan kemandirian siswa dan mendukung siswa dalam mengekplore kemampuannya.

    ReplyDelete
  47. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Berdasarkan peta 3 pendidikan dunia tersebut kita dapat mengetahui bahwa pada masyarakat industrial trainer, teori pembelajaran yang digunakan adalah bekerja keras, latihan, drill, dan menghafal. Pada masyarakat technological pragmatis, teori pembelajaran yang digunakan adalah berpikir dan praktek. Pada masyarakat old humanis, teori pembelajaran yang digunakan adalah memahami dan mengaplikasikan. Pada masyarakat progressive educator, teori pembelajaran yang digunakan adalah eksplorasi.sedangkan pada masyarakat public educator, teori pembelajaran yang digunakan adalah diskusi.

    ReplyDelete
  48. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan peta 3 pendidikan dunia pada postingan di atas, 2 kolom kanan tabel tersebut mengimplementasikan sistem pendidikan yang inovatif karena menggunakan variasi metode, variasi interaksi, dan variasi media. Menurut saya, sistem pendidikan yang demikian itu yang dibutuhkan oleh Indonesia saat ini karena pendidikan yang demikian itu dapat melahirkan manusia-manusia yang kreatif, kritis, disiplin dan mandiri yang akan mampu bertahan dalam menghadapi tantangan di era global saat ini dan mengambil peluang untuk maju.

    ReplyDelete
  49. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Pendidikan di Indonesia masih cenderung menuju ke tiga kolom di kiri. Hal yang saya soroti adalah exercise, memorize, drill, transfer of knowledge, back to basic, certificate. Sungguh ironis guru yang seharusnya menjadi pengajar sekaligus pendidik terkadang lupa dengan tugas mulia yang diembannya. Kebanyakan guru hanya mengejar materialisme dengan memperbanyak jam mengajar supaya mendapatkan sertifikasi, sedangkan ilmu hanya sekedar diberikan tanpa melihat kemampuan siswa seolah-olah tidak peduli dengan siswa.

    ReplyDelete
  50. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Lulus ujian nasional menjadi trend utama sekaligus topik membuat siswa tertekan sehingga mengharuskan metode drill latihan soal seolah-olah lulus UN adalah segala-galanya. Dan lebih parahnya lagi orang tua menyekolahkan anaknya hanya dengan pikiran supaya anak setidaknya bisa membaca, menulis, dan berhitung (basic knowledge), bukan untuk kebutuhan anak di masa depannya. Mari kita jadikan hal ini sebagai bahan renungan, sudah benarkah kita dalam mendidik siswa dengan baik?, sudahkah kita memperhatikan siswa?. ini menjadi tugas bersama bagi kita, khususnya saya sebagai mahasiswa calon guru.

    ReplyDelete
  51. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Tiga kolom sebelah kiri yaitu industrial trainer, technological pragmatism, dan old humanism dikatakan bahwa mengimplementasikan pendidikan formal. Hal ini dilihat dari teori belajarnya yaitu banyak latihan, drill soal, dan menghafal, dan teori mengajarnya adalah transfer pengetahuan atau guru secara penuh menyampaikan ke para siswa. Sedangkan dua kolom sebelah kanan yaitu progressive educator dan public educator mengimplementasikan pendidikan formal dan informal yang di dalamnya memuat variasi-variasi mulai dari metode, interaksi, dan media. Hal ini dilihat dari teori belajar siswa yaitu melalui eksplorasi, kerja kelompok (kolaboratif), dan teori mengajarnya adalah konstruksi pengetahuan, diskusi, dan investigasi.

    ReplyDelete
  52. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Jika diibaratkan mathematika seperti gunung es, 3 kolom pertama itu lebih membidik yang terliht atau matematika formal. Sedangkan kolom selanjutnya nlebih berpikir matemaika secara keseluruhan gunung es sehingga dapat meiputi mathematic formal dan informal. Dimana siswa diajak beraktifitas dengan berbagai variasi pembeljaran untuk memfasilitasi rasa ingin tahu siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  53. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan tabel tersebut pendidikan di dunia menurut Paul Ernest dibagi menjadi Industrial Trainer yang menekankan pada usaha keras dan pengalaman dalam mencapai pendidikan yang baik, Technologic Pragmatise yang mengedepankan kemampuan berpikir dan juga kemampuan mempraktekan pengetahuan yang dimilikinya, Old humanize yang memandang Pendidikan matematika sebagai transfer pengetahuan dengan metode pembelajaran ekspositori yaitu metode ceramah dengan cara konvensional, progressive educator yang memandang teori belajar sebagai eksplorasi dari pengetahuan yang dimiliki dan teori mengajar menekankan pada konstruktivistik dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Kemudian Public educator yang menekankan pada pembelajaran diskusi kelompok dengan pusat pembelajaran adalah siswa.

    ReplyDelete
  54. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Dari kelima peta pendidikan yang dibuat Paul Ernest tersebut, yang paling sesuai menurut saya adalah Progressive Educator. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan Indonesia lebih mementingkan kreatifitas. Selain itu dalam belajar Indonesia juga lebih ke Explorasi. Meskipun metode diskusi sering diterapkan dalam K13, nmun tak sepenuhnya berjalan dengan baik.

    ReplyDelete