Nov 5, 2014

Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika




Berikut saya sampaikan hasil sintesis saya perihal hubunan antara aliran-aliran filsafat.

      Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika (Diagram dibuat oleh Marsigit)

3 comments:

  1. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Terimakasih banyak Pak, dari bagan tersebut yang bisa saya tangkap adalah terdapat dua bagian aliran filsafat yang berpengaruh pada matematika dan saling terkait satu dengan lainnya, pada pihak pertama yaitu aliran absolutisme yaitu keyakinan bahwa hanya ada satu penjelasan obyektif yang tepat dan tidak berubah tentang realitas (wikipedia.org) dan di pihak yang lain ada fallibilisme yaitu klaim filosofis bahwa tidak ada kepercayaan yang bisa memiliki pembenaran yang menjamin kebenaran kepercayaan tersebut (wikipedia.org) dan konstruktivisme yaitu tindakan mencipta suatu makna dari apa yang dipelajari (wikipedia.org).

    Terimaksih banyak Pak.

    ReplyDelete
  2. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof
    Di dalam gambar tersebut terdapat para filsuf yang mempengaruhi matematika beserta aliran dan pendapatnya secara umum. Terlihat bahwa di bagian kiri terdapat Thales, Plato, Descartes, Frege, da Russel yang memandang pengetahuan berasal dari dalam pikiran seperti matematika murni yang bersifat rasional, berdasarkan logika dan bersifat formal. Di bagian kanan terdapat Aristoteles, Leibniz, Hume, dan Witgeenstein yang memandang pengetahuan sebagai sesuatu yang berasal dari luar pikiran seperti pengalaman dan lain-lain. Sementara Kant berada ditengah-tengah memadukan keduanya bahwa pengetahuan berasal dari pikiran dan juga pengalaman. Dari masing-masing aliran tersebut terdapat garis-garis yang menghubungkan antara satu aliran dengan aliran yang lainnya. Berbagai aliran filsafat tersebut telah banyak memberikan pengaruh terhadap matematika.

    ReplyDelete
  3. Junianto
    PM C
    17709251065
    Saya ingin memberikan pendapat mengenai pendapat dari Thales yang mengatakan bahwa matematika merupakan pemisahan dari ilmu sains atau disebut Mysticism. Menurut pandangan saya, matematika adalah dasar bagi ilmu lain. Dalam fisika, kimia, biologi, teknik, dll, semuanya membutuhkan matematika. Dan hampir di semua jurusan atau disiplin ilmu selalu di ajarkan matematika. Jadi, menurut pendapat sayal, hal ini juga menunjukkan bahwa matematika bukan pemisahan dari ilmu lain.

    ReplyDelete