Nov 5, 2014

Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika




Berikut saya sampaikan hasil sintesis saya perihal hubunan antara aliran-aliran filsafat.

      Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika (Diagram dibuat oleh Marsigit)

37 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Menurut Saya, dari ketiga hal tersebut saling terkait. Dilihat dari filsafat itu sendiri merupakan suatu ilmu yang menunjukan algoritma yang sesuai dengan nalar dan logika. Berdasarkan pegalaman dan analogi yang telah terjadi dapat mengkontruk tujuan yang sesuai. Sedangkan filsafat ilmu merupakan cabang dari filsafat yang tujuannya untuk memberi wahyu atau pengetahuan guna tercapainya suatu tujuan. Sedangkan Filsafat matematika merupakan cabang lagi dari filsafat dan filsafat ilmu yang pada hal ini fokus pada ilmu maatematika. Bagaimana kita mampu menyelesaikan masalah matematika dengan algoritma atau sintaks yang sistematis.

    ReplyDelete
  2. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kita tahu bahwa dalam filsafat matematika itu ada absolut dan fabilist yanag mana paham absolut mengatakan bahwa matematika itu benar sedangkan paham fabilis mengatakan bahwa matematika itu bisa saja salah. Sehingg adlaam mencapai kedua paham tersebut platonism dan rationalsm mengahsilkan logicism, dari logicism kantianism, intuitsm, dan formalsm, sehingga mencapai suatu paham absolutsm, akan tetapi untuk mencapai suatu paham fallibilsm amka dari empiricism menjadi kantianism dan manuju ke fallibsm menuju ke analyticism dan menghasilkan suatau pehaman yang kontruksm tentan fallibilist. Sehingga absolut dan fallibilis adalah hubugan sebab akibat kakau dalam logika matamtika ada hubungan biimplikasi yangmaka jika dan hanya jika akan berlaku jika keduanya saling ada.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Para filsuf telah memberikan teorinya masing-masing. Di antara berbagai aliran tersebut ada yang memiliki hubungan satu sama lain. Seperti aliran absolutisme dan aliran falibilisme. Aliran falibilis muncul karena aliran absolutisme. Keduanya memiliki hubungan dimana aliran falibilis menambahi dan melengkapi teorinya absolutisme.

    ReplyDelete
  4. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Peta struktur diatas memang terlihat sangat rumit, namun dari situ saya dapat menangkap adanya dua aliran matematika yaitu formal dan kostruktivisme dengan ahlinya masing-masing. Menurut saya aliran formal sebaiknya diajarkan pada siswa di tingkat tinggi, dan sebaliknya aliran kontruktivisme baik untuk anak sekolah. Karena pada dasarnya di usia sekolah anak sedang akan membangun matematikanya, sehingga mereka harus memahami tanpa rasa terpaksa ataupun ketakutan seperti ketika diterapkan pembelajaran formal.

    ReplyDelete
  5. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Antara filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika sangat berkaitan. Menurut saya hubungannya merupakan himpunan bagian dimana tingkatan paling sempit adalah filsafat matematika sampai ke yang paling luas yaitu filsafat sendiri. Jika filsafat adalah suatu ilmu yang menunjukan algoritma yang sesuai dengan nalar dan logika. Sedangkan filsafat ilmu berupa pikiran-pikiran para Filsuf tentang filsafat yang bisa diadopsi dan dikembangkan atau dikolaborasikan. Filsafat matematika lebih mengkhususkan pada matematika, seperti tentang koherensi menurut Pythagoras, konstruktivisme dalam pembentukan konsep dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Antara filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika sangat berkaitan. Menurut saya, filsafat ilmu merupakan penjabaran dari filsafat. Dan filsafat matematika merupakan penjabaran dari filsafat ilmu. Jadi, ketiganya saling berkaitan. Marsigit (2008) mengemukakan bahwa matematika dan filsafat mempunyai sejarah keterikatan satu dengan yang lain sejak zaman Yunani Kuno. Matematika di samping merupakan sumber dan inspirasi bagi para filsuf, metodenya juga banyak diadopsi untuk mendeskripsikan pemikiran filsafat. Lebih lanjut Marsigit juga mengemukakan bahwa logika matematika mempunyai peranan hingga sampai era filsafat kontemporer di mana banyak para filsuf kemudian mempelajari logika. Logika matematika telah memberi inspirasi kepada pemikiran filsuf, kemudian para filsuf juga berusaha mengembangkan pemikiran logika, yang kemudian dikembangkan lagi oleh para matematikawan dan bermanfaat bagi pengembangan program komputer dan analisis bahasa.

    ReplyDelete
  7. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Saya melihat banyak keterkaitan di antara aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika. Hal ini terlihat pada diagram yang Prof tampilkan. Di dalam filsafat dinaungi oleh filsafat ilmu. Dan di dalam filsafat ilmu terdapat filsafat matematika. Jadi mereka saling beririsan didalam komponennya.

    ReplyDelete
  8. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Berdasarkan hasil sintesis di atas yang dapat saya tangkap adalah bagaimana alliran-aliran filsafat seperti aliran yang dikemukakan thales, plato, descrates, frege, russell, dll membangun pengetahuan dari hal yang dianggap mistik ke logis yang kemudian dijadikan filsafat ilmu dan dikembangkan oleh para euclidean, kantianism, dengan menekankan pada intuisi sebagai pondasi awal pengetahuan dan dikaji secara empiris sehingga lahirlah aliran filsafat ilmu seperi falibilism, analyticism. Dari hubungan tersebut terdapat hubungan utama dimana filsfat membangun matematika yang berlandaskan asbolutism Tuhan Yang Maha Esa yaitu Allah SWT. Itu artinya semua yang ada dan mungkin ada dikendalikan oleh yang satu yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  9. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dalam sintesis mengenai hubungan antar filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika diatas, terdapat sebuah teori belajar kontruktivis, dimana dalam teori belajar kontruktivis siswa diminta membangun pengetahuannya sendiri agar memperoleh pembelajaran yang bermakna dan dapat mengingat apa yang telah dipelajari dalam jangka panjang. Sintesis diatas menyatakan bahwa pembelajaran bermakna dalam matematika harus dikonstruk/dibangun. Hal ini dapat dicapai melalui upaya guru membimbing siswa dalam mengkonstruk pengetahuannya dan melalui kreativitas dan motivasi siswa dalam upaya memahami materi pelajaran matematika.

    ReplyDelete
  10. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Aliran filsafat sebenarnya diri kita sendiri yaitu persepsi yang kita yakini.filsafat ilmu yang didalamnya meliputi kebenaran yang didalamnya terkandung terkandung ilmu matematika, logika, retorika, etika, politik, ekonomi, estetika. Filsafat matematika yang merupakan cabang filsafat yang bertujuan untuk merenungkan dan menjelaskan sifat dari matematika. Sehingga aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika saling berkaitan.

    ReplyDelete
  11. Elli Susilawati
    16709251073
    S2 P.MAT D

    bidang pengetahuan filsafat matematika merupakan hasil pemikiran filsuf yang sasarannya ialah matematika itu sendiri. Filsafat sebagai rangkaian aktivitas dari budi manusia pada dasarnya adalah pemikiran reflektif (reflective thinking). Pemikiran relatif atau untuk singkatnya refleksi (reflection) dapat dicirikan sabagai jenis pemikiran yang terdiri atas mempertimbangkan secara cermat suatu pokok soal dalam pikiran dan memberikannya perhatian yang sungguh-sungguh dan terus-menerus.Budi manusia yang diarahkan untuk menelaah obyek-obyek tertentu sehingga melahirkan matematika kemudian juga memantul berpikir tentang matematika sehingga menumbuhkan filsafat matematik agar memperoleh pemahaman apa dan bagaimana sesungguhnya matematika itu

    ReplyDelete
  12. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Filsafat didasarkan dengan pemikiran rasio atau empiris. Kelompok yang menggunakan rasio sebagai pengetahuan disebut kelompok yang menganut paham absolutisme karena mereka berpendapat bahwa kebenaran matematika adalah mutlak benar, seperti kelompok rasionalisme, mereka berpendapat bahwa ketika ilmu itu dipikirkan maka dia benar. Kelompok yang menggunakan pengalaman sebagai pengetahuan disebut kelompok yang menganut paham fallibilisme karena mereka berpendapat bahwa kebenaran matematika adalah tidak mutlak benar, seperti kelompok empirisme, mereka berpendapat bahwa ketika ilmu itu harus berdasarkan pengalaman. Jika diturunkan ke dalam filsafat matematika, ada yang dinamakan matematisasi horizontal dan vertikal. Matematisasi vertical didasarkan pada pemikiran rasio/absolutis, dan matematisasi horizontal didasarkan pada pengalaman empiris/fallibilis.

    ReplyDelete
  13. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dari hasil sintesa bapak diketahui bahwasannya adanya hubungan antara aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika. Semua berawal dari dasar kebenaran matematika yang mutlak/pasti yang diungkapkan oleh Hempel dan Ayer yaitu absolutism. Filsuf yang pertama ialah Thales, seorang tokoh matematika pertama yang mengenal himpunan bilangan. Aliran Mysticism dari Platonism dan Rationalism dibawa ke logicism yang akan memunculkan adanya intuisi dari siswa dan guru dan menciptakan formalism. Yang kemudian disangkal oleh aliran Falibism.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Saya pernah membaca bahwa Aristoteles adalah murid dari Plato. Namun sepertinya murid Plato tersebut memiliki pandangan yang sangat berbeda, sampai-sampai pak Marsigit membuat diagramnya dengan memisahkan Filsafat Plato berada disebelah kanan sedangkan Filsafat Aristoteles di sebelah kanan. Meskipun Aristoteles memiliki pemikiran yang sangat berbeda dengan Plato, Plato tidak pernah melarang Aristoteles belajar darinya. Bahkan Plato memuji Aristoteles sebagai muridnya yang sangat cerdas. Entah ini dinamakan kedewasaan berpikir atau kebijaksanaan. Dari hubungan Plato dan Aristoteles tersebut dapat kita simpulkan bahwa pikiran murid tidak harus sama dengan pikiran gurunya. Karena jika demikian, tidak ada perkembangan.

    ReplyDelete
  16. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Jika kita berkehendak melakukan kajian atau penelitian matematika secara mendalam maka kita tidak bisa terhindar untuk melakukan sintesis-sintesis dari tesis-tesis yang ada dengan cara memproduksi antitesis-antitesisnya. Dalam sejarahnya, Aristoteles tidak sependapat dengan gurunya Plato dalam prinsip-prinsip filsafat; namun demikian jika ditilik lebih lanjut sebetulnya silang pendapat juga meliputi bidang matematika. Menurut Aristoteles, form bukanlah entitas yang terpisah dengan data empiris. Menurutnya jika kita memikirkan suatu benda tidaklah berarti bahwa konsep benda tadi akan terpisah dengan benda tadi. Menurut Aristoteles, matematika adalah idealisasi dari benda-benda; dengan melakukan idealisasi kita dapat membuat definisi, menemukan struktur matematika, menemukan logika, menemukan teorema, dan melakukan hipotesis. Jika matematika bersifat given yang sudah ada di dalam ide kita maka implikasi pandanga Plato adalah bahwa matematika bersifat aktual. Seperti kita ketahui bahwa bilangan infinit, di satu sisi dapat dipandang sebagai aktual tetapi juga dapat dipandang sebagai potensial. Pandangan yang terakhir ini kemudian ditolak oleh Brouwer sebagai kaum intuisionis untuk mengembangkan matematika intuisionisme. Menurut Brouwer di dalam mengembangkan matematika kita harus menggunakan intuisi kita, sayangnya intuisi dan pengalaman kita tidak dapat menjangkau bilangan infinit. Itulah sebabnya kaum intuisionis hanya mengembangkan matematika untuk bilangan-bilangan finit atau berhingga dan menolak bilangan infinit atau bilangan tak hingga. Selanjutnya Heyting sebagai penerus Brouwer menolak kenyataan transenden sebagai alat bukti matematika. Menurutnya, bilangan infinit merupakan salah satu kenyataan transenden.

    ReplyDelete
  17. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Jika matematika dikonstruksikan pasti nantinya matematika akan lebih mudah dipahami. Mengkonstruksi adalah salah satu bentuk usaha yang bisa dilakukan seseorang untuk memperoleh pengetahuan. Objek matematika, bisa ditemukan disekita kita. Karena matematika merupakan ilmu alam yang dapat diamai dan dikembangkan. Sedangkan menurut padangan Platonist, matematika itu tidak dibentuk oleh manusia, matyematika itu sudah ada dan tugas kita adalah menemuakn matematika itu sendiri. Seringkali ditemui bentuk matematika yang abstrak dan sulit dipahami, disinilah peran intuionism, sehingga atematika menjadi aktivitas mental yang dilakukan manusia.E425

    ReplyDelete
  18. Ilmu diperoleh melalui hasil pengamatan, hasil pemikiran dan ilham atau wahyu Tuhan. Dalam ilmu ilmiah maka yang dapat dipelajari adalah ilmu yang diperoleh secara pengamatan atau hasil pemikiran. Dengan pengamatan akan diperoleh aliran empirisisme sedangkan hasil pemikiran menciptakan aliran rasionalisme. Empirisme sifatnya sintetis sedangkan rasionalisme sifatnya analitik. Pengetahuan yang sempurna tidak berdasar hanya dari pengamatan atau hasil rasio semata tetapi gabungannya. Hasil pengamatan kemudian dianalisis atau hasil pemikiran dicari buktinya secara empiris sehingga ilmunya menjadi valid.

    ReplyDelete
  19. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Merujuk pada pandangan para filsuf, setiap aliran filsafat mesti memiliki hubungan satu sama lain. Pengkonstruksian merupakan salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan dalam memperoleh pengetahuan seseorang. Dalam matematika, ilmu pengetahuan dapat diperoleh dri empiris maupun logika. Dimana kedua sumber ini berakar dari paham filsufnya masing-masing.

    ReplyDelete
  20. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Kalau diperhatikan dan ditelaah lebih dalam, aliran-aliran filsafat di atas saling berhubungan satu sama lain. Misalkan aliran fallibism yaitu aliran yang menganggap salah itu benar. Ini digunakan untuk melindungi anak-anak ketika mereka melakukan kesalahan dalam menjawab pertanyaan atau dalam menyelesaikan soal dari guru. Menurut aliran fallibism siswa salam menjawab pertanyaan dari guru adalah benar karena guru tidak dapat membimbing siswa dalam memahami materi tersebut dengan baik dan benar.

    ReplyDelete
  21. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    macam-macam aliran filsafat jika dihubungkan dengan dunia matematika, pada awalnya adalah aliran absolutism dan fallibism-constructivism, kemudian dikembangkan dan disesuaikan berbagai macam aliran lainnya. aliran absolutism mengajarkan kesaklekan dalam mengajarkan matematika. apa yang disampaikan guru, atau yang ada di buku harus diikut. berbeda dengan fallibism-constructivism, siswa masih diberi kebebasan untuk terlibat dalam membangun pengetahuannya sendiri, terbuka untuk menyampaikan pendapat. dan guru terbuka untuk menerima revisi dari siswa

    ReplyDelete
  22. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Peta struktur di atas memang terlihat sangat rumit, namun apabila kita cermati, terdapat dua aliran matematika yaitu formal dan konstruktivism. Keduanya memiliki ahlinya masing-masing. Menurut saya aliran formal sebaiknya diajarkan pada siswa pada jenjang pendidika yang tingkat tinggi, dan sebaliknya aliran kontruktivisme baik untuk anak sekolah. Karena pada dasarnya di usia sekolah anak sedang akan membangun matematikanya. Ketika disajikan matematika formal kepada anak sekolah, yang terjadi adalah mereka tidak akan menyukai matematika seperti yang telah kita lihat selama ini. jika mereka sudah tidak suka, bagaimana guru memahamkan kepada siswa tentang matematika?

    ReplyDelete
  23. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. dapat dilihat dari gambar bahwa filsafat terbagi menajdi dua yakni absolutis dan falibilis. Kedua aliran filsafat ini sangat mempengaruhi filsafat ilmu dan filsafat matematika. dari kedua aliran ini diperoleh pemikiran-pemikiran tetang ilmu matematika baik matematika murni atapun matematika sekolah dan langkah-langkah untuk mempelajari ilmu tersebut,

    ReplyDelete
  24. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Filsafat dan ilmu merupakan dua kata yang saling terkait baik secara substansial, maupun historis karena kelahiran ilmu tidak lepas dari peranan filsafat, begitu pula sebaliknya perkembangan ilmu memperkuat keberadaan filsafat itu sendiri. Filsafat dan matematika tumbuh bersama dalam asuhan seorang filsuf Yunani yakni Pythagoras yang mengemukakan bahwa segenap gejala alam merupakan pengungkapan inderawi dari perbandingan-perbandingan matematis. Ia juga menyimpulkan bahwa bilangan merupakan intisari dan dasar pokok dari sifat-sifat benda.
    Dalam komunikasi pemikiran keilmuan, matematika memainkan dua peranan, yakni :
    1. Sebagai ratu, matematika merupakan bentuk logika paling tinggi yang pernah diciptakan oleh pemikiran manusia.
    2. Sebagai pelayan, matematika menyediakan bagi ilmu-ilmu yang lainnya, bukan saja sistem logikanya tetapi juga model matematis dari berbagai segi kegiatan keilmuwan. Matematika dari model inilah yang dipergunakan untuk mengkomunikasikan hukum keilmuwan dan hipotesis.

    ReplyDelete
  25. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Interaksi antara ilmu dan filsafat mengandung arti bahwa filsafat dewasa ini tidak dapat berkembang dengan baik jika terpisah dari ilmu. Ilmu tidak dapat tumbuh dengan baik tanpa kritik dari filsafat. Oleh sebab itu aliran-aliran filsafat saling berhubungan untuk menyempurnakan ilmu.

    ReplyDelete
  26. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Kantian yaitu teori yang dipeloproi oleh Kant, atau disebut juga kritisisme, muncul karena pertentangan rationalisme dan empiricism. Rationalism dengan tokohnya Descartes berpendapat bahwa segala sesuatu harus berdasar pada rasio, sehingga semua pengetahuan bersumber dari akal/rasio. Empiricism dengan tokohnya David Hume berpendapat bahwa pengetahuan hanya dapat diperoleh melalui pengalaman. Kantianisme atau kritisisme yang berusaha menjawab persoalan dengan pemikirannya bertolak pada ruang dan waktu sebagai dua bentuk pengamatan. Akal menerima bahan-bahan pengetahuan dari empiri (indera dan pengalaman) dan mengaturnya dalam bentuk pengamatan yakni ruang dan waktu. Pengamatan merupakan permulaan pegetahuan, sedangkan pengolahan oleh akal merupakan pembentuknya.

    ReplyDelete
  27. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Dengan mengutip ungkapan dari Michael Whiteman bahwa ilmu kealaman persoalannya dianggap bersifat ilmiah karena terlibat dengan persoalan-persoalan filsafati sehingga memisahkan satu dari yang lain tidak mungkin. Sebaliknya, banyak persoalan filsafati sekarang sangat memerlukan landasan pengetahuan ilmiah supaya argumentasinya tidak salah.

    ReplyDelete
  28. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya tidak dapat memahami gambar hubungan tersebut dengan sempurna, tetapi terdapat beberapa hal yang dapat saya pahami. Pada gambar tersebut terdapat beberapa aliran filsafat dan filsafat ilmu yang saling mempengaruhi satu sama lain, yaitu mysticism, platonism, rationalism, logicism, euclidean, kantianism, intuitism, formalism, aristotellian, empiricism, analyticism, fallibisme. Dan yang utama adalah absolutism dan constructivism yang memiliki hubungan dua arah. Untuk mencapai constructivism, maka harus menganut fallibism yaitu tidak ada hal yang salah dalam filsafat, maka tidak ada yang salah juga dalam pendidikan.

    ReplyDelete
  29. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu dan Filsafat Matematika memilki hubungan yang erat. Dengan adanya aliran-aliran filsafat yang berkembang di dunia maka ilmu-ilmu mengenai filsafat menjadi lebih mudah unutuk dipelajari. Dalam hal ini, aliran filsafat dapat dijadikan sebagai acuan dan rujukan untuk mempelajari ilmu-ilmu filsafat. Setelah ilmu filsafat dipelajari maka akan muncul pengetahuan mengenai filsafat matematika. Dimana filsafat matematika didefinisikan sebagai kaidah filosofis dalam bidang matematika yang menggambarkan aspek-aspek pelaksanaan falssafah umum dan menitikberatkan paa pelaksanaan prinsip-prinsip dan kepercayaan yang menjadi dasar dari filsafat umum dalam upaya memecahkan persoalan-persoalan matematika secara praktis.

    ReplyDelete
  30. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Menurut saya aliran kontruktivisme baik untuk anak sekolah, sebaliknya, aliran formal sebaiknya diajarkan pada siswa di tingkat tinggi, dan. Pada dasarnya di usia sekolah anak sedang akan membangun matematikanya, sehingga mereka harus memahami tanpa rasa terpaksa ataupun ketakutan seperti ketika diterapkan pembelajaran formal. Pembelajan matematika untuk anak sekolah harus bisa membuat senang dan tidak terbebani terlalu berat.

    ReplyDelete
  31. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Secara sekilas, peta struktur diatas memang terlihat sangat rumit, karena referensu yang kit abaca belum banyak. Akan tetapi, saya menagkap informasi adanya dua aliran matematika yaitu formal dan kostruktivisme dengan ahlinya masing-masing.

    ReplyDelete
  32. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan peta Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika, Adanya Constructivism merupakan matematika yang mengutamakan unsut-unsur mengkonstruksikan ilmu. Sedangkan Platonism merupakan aliran yang menganggap bahwa matematika ada dalam diri manusia sendiri.

    ReplyDelete
  33. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Filsafat dan matematika mempunyai hubunga n erat. Dua cabang ilmu ini memiliki hubungan erat karena keduanya tumbuh bersama sebagai buah pemikiran seorang filsuf ternama yakni Pythagoras yang memandang bahwa segenap gejala alam merupakan pengungkapan inderawi dari perbandingan-perbandingan matematis. Dengan adanya filsafat ini yang mendasari pemikiran matematika.

    ReplyDelete
  34. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dalam sketsa tersebut dapat dilihat susuan dari filsafat ilmu matematika, yang awal mulanya berasal dari mysticism dan aritotelian yang kemudian saling berhubungan milai dari platonisme, rationalisme, logicism,euclidean, kantianisme, intuism, formalism, empirism, fallibism,analyticism sampai pada akhirnya tercipta absolutisme dan constructivism. Semua tersusun atas hasil olah pikir para filsuf-filsuf, semua merupakan bentuk dari hasil sintesis dan antitesis.

    ReplyDelete
  35. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Aliran-aliran filsafat yang dikemukan para filsuf berkaitan dengan filsafat ilmu dan filsafat matematika. Filsafat dan matematika tumbuh bersama dalam asuhan seorang filsuf Yunani yakni Pythagoras yang mengemukakan bahwa segenap gejala alam merupakan pengungkapan inderawi dari perbandingan-perbandingan matematis. Ia juga menyimpulkan bahwa bilangan merupakan intisari dan dasar pokok dari sifat-sifat benda. Selain Pythagoras, Plato juga mengemukaan bahwa geometri sebagai pengetahuan ilmiah yang berdasarkan akal murni menjadi kunci ke arah pengetahuan dan kebenaran kebenaran filsafat. Menurut Plato, geometri merupakan suatu ilmu dengan akal murni yang membuktikan proporsi-proporsi abstrak mengenai hal-hal abstrak seperi garis lurus, segitiga atau lingkaran.

    ReplyDelete
  36. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Banyak filsuf telah menggunakan matematika untuk membangun teori pengetahuan dan penalaran yang dihasilkan dengan memanfaatkan bukti-bukti matematika dianggap telah dapat menghasilkan suatu pencapaian yang memuaskan. Matematika telah menjadi sumber inspirasi yang utama bagi para filsuf untuk mengembangkan epistemologi dan metafisik. Menurut Hannes Leitgeb dalam “Mathematical Methods in Philosophy” menjelaskan bahwa dia telah menyelidiki penggunaan matematika di filsafat. Dia memberikan kesimpulan bahwa metode matematika mempunyai kedudukan penting di filsafat. Hannes Leitgeb telah menyelidiki aspek-aspek mana saja dalam matematika dan filsafat yang mempunyai derajat sama ketika melakukan penelaahan. Aspek-aspek tersebut yaitu kesamaan antara obyek, sifat-sifat obyek, logika, sistem-sistem, makna kalimat, hukum sebab-akibat, paradoks, teori permainan dan teori kemungkinan. Perlu kita ketahui bahwa para filsuf menggunakan logika sebab-akibat untuk untuk mengetahui implikasi dari konsep atau pemikirannya, selain itu menggunakan logika sebab-akibat untuk membuktikan kebenaran dari ungkapan-ungkapannya. Sehingga nampak jelas bahwa terdapat hubungan antara Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika.

    ReplyDelete
  37. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari tabel tersebut, aliran filsafat, filsafat ilmu, dan filsafat matematika masing-masing saling memiliki hubungan. Aliran-aliran filsafat yang sangat beragam jenis dapat dijadikan sumber ilmu untuk mempelajari ilmu filsafat. Sehingga melalui ilmu filsafat itu dapat terbentuk filsafat matematika yang menggambarkan aspek-aspek dalam matematika melalui kacamata filsafat.

    ReplyDelete