Nov 5, 2014

Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika




Berikut saya sampaikan hasil sintesis saya perihal hubunan antara aliran-aliran filsafat.

      Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika (Diagram dibuat oleh Marsigit)

84 comments:

  1. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dalam sintesis mengenai hubungan antar filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika diatas, terdapat sebuah teori belajar kontruktivis, dimana dalam teori belajar kontruktivis siswa diminta membangun pengetahuannya sendiri agar memperoleh pembelajaran yang bermakna dan dapat mengingat apa yang telah dipelajari dalam jangka panjang. Sintesis diatas menyatakan bahwa pembelajaran bermakna dalam matematika harus dikonstruk/dibangun. Hal ini dapat dicapai melalui upaya guru membimbing siswa dalam mengkonstruk pengetahuannya dan melalui kreativitas dan motivasi siswa dalam upaya memahami materi pelajaran matematika.

    ReplyDelete
  2. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Aliran filsafat sebenarnya diri kita sendiri yaitu persepsi yang kita yakini.filsafat ilmu yang didalamnya meliputi kebenaran yang didalamnya terkandung terkandung ilmu matematika, logika, retorika, etika, politik, ekonomi, estetika. Filsafat matematika yang merupakan cabang filsafat yang bertujuan untuk merenungkan dan menjelaskan sifat dari matematika. Sehingga aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika saling berkaitan.

    ReplyDelete
  3. Elli Susilawati
    16709251073
    S2 P.MAT D

    bidang pengetahuan filsafat matematika merupakan hasil pemikiran filsuf yang sasarannya ialah matematika itu sendiri. Filsafat sebagai rangkaian aktivitas dari budi manusia pada dasarnya adalah pemikiran reflektif (reflective thinking). Pemikiran relatif atau untuk singkatnya refleksi (reflection) dapat dicirikan sabagai jenis pemikiran yang terdiri atas mempertimbangkan secara cermat suatu pokok soal dalam pikiran dan memberikannya perhatian yang sungguh-sungguh dan terus-menerus.Budi manusia yang diarahkan untuk menelaah obyek-obyek tertentu sehingga melahirkan matematika kemudian juga memantul berpikir tentang matematika sehingga menumbuhkan filsafat matematik agar memperoleh pemahaman apa dan bagaimana sesungguhnya matematika itu

    ReplyDelete
  4. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Filsafat didasarkan dengan pemikiran rasio atau empiris. Kelompok yang menggunakan rasio sebagai pengetahuan disebut kelompok yang menganut paham absolutisme karena mereka berpendapat bahwa kebenaran matematika adalah mutlak benar, seperti kelompok rasionalisme, mereka berpendapat bahwa ketika ilmu itu dipikirkan maka dia benar. Kelompok yang menggunakan pengalaman sebagai pengetahuan disebut kelompok yang menganut paham fallibilisme karena mereka berpendapat bahwa kebenaran matematika adalah tidak mutlak benar, seperti kelompok empirisme, mereka berpendapat bahwa ketika ilmu itu harus berdasarkan pengalaman. Jika diturunkan ke dalam filsafat matematika, ada yang dinamakan matematisasi horizontal dan vertikal. Matematisasi vertical didasarkan pada pemikiran rasio/absolutis, dan matematisasi horizontal didasarkan pada pengalaman empiris/fallibilis.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dari hasil sintesa bapak diketahui bahwasannya adanya hubungan antara aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika. Semua berawal dari dasar kebenaran matematika yang mutlak/pasti yang diungkapkan oleh Hempel dan Ayer yaitu absolutism. Filsuf yang pertama ialah Thales, seorang tokoh matematika pertama yang mengenal himpunan bilangan. Aliran Mysticism dari Platonism dan Rationalism dibawa ke logicism yang akan memunculkan adanya intuisi dari siswa dan guru dan menciptakan formalism. Yang kemudian disangkal oleh aliran Falibism.

    ReplyDelete
  6. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Saya pernah membaca bahwa Aristoteles adalah murid dari Plato. Namun sepertinya murid Plato tersebut memiliki pandangan yang sangat berbeda, sampai-sampai pak Marsigit membuat diagramnya dengan memisahkan Filsafat Plato berada disebelah kanan sedangkan Filsafat Aristoteles di sebelah kanan. Meskipun Aristoteles memiliki pemikiran yang sangat berbeda dengan Plato, Plato tidak pernah melarang Aristoteles belajar darinya. Bahkan Plato memuji Aristoteles sebagai muridnya yang sangat cerdas. Entah ini dinamakan kedewasaan berpikir atau kebijaksanaan. Dari hubungan Plato dan Aristoteles tersebut dapat kita simpulkan bahwa pikiran murid tidak harus sama dengan pikiran gurunya. Karena jika demikian, tidak ada perkembangan.

    ReplyDelete
  7. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Jika kita berkehendak melakukan kajian atau penelitian matematika secara mendalam maka kita tidak bisa terhindar untuk melakukan sintesis-sintesis dari tesis-tesis yang ada dengan cara memproduksi antitesis-antitesisnya. Dalam sejarahnya, Aristoteles tidak sependapat dengan gurunya Plato dalam prinsip-prinsip filsafat; namun demikian jika ditilik lebih lanjut sebetulnya silang pendapat juga meliputi bidang matematika. Menurut Aristoteles, form bukanlah entitas yang terpisah dengan data empiris. Menurutnya jika kita memikirkan suatu benda tidaklah berarti bahwa konsep benda tadi akan terpisah dengan benda tadi. Menurut Aristoteles, matematika adalah idealisasi dari benda-benda; dengan melakukan idealisasi kita dapat membuat definisi, menemukan struktur matematika, menemukan logika, menemukan teorema, dan melakukan hipotesis. Jika matematika bersifat given yang sudah ada di dalam ide kita maka implikasi pandanga Plato adalah bahwa matematika bersifat aktual. Seperti kita ketahui bahwa bilangan infinit, di satu sisi dapat dipandang sebagai aktual tetapi juga dapat dipandang sebagai potensial. Pandangan yang terakhir ini kemudian ditolak oleh Brouwer sebagai kaum intuisionis untuk mengembangkan matematika intuisionisme. Menurut Brouwer di dalam mengembangkan matematika kita harus menggunakan intuisi kita, sayangnya intuisi dan pengalaman kita tidak dapat menjangkau bilangan infinit. Itulah sebabnya kaum intuisionis hanya mengembangkan matematika untuk bilangan-bilangan finit atau berhingga dan menolak bilangan infinit atau bilangan tak hingga. Selanjutnya Heyting sebagai penerus Brouwer menolak kenyataan transenden sebagai alat bukti matematika. Menurutnya, bilangan infinit merupakan salah satu kenyataan transenden.

    ReplyDelete
  8. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Jika matematika dikonstruksikan pasti nantinya matematika akan lebih mudah dipahami. Mengkonstruksi adalah salah satu bentuk usaha yang bisa dilakukan seseorang untuk memperoleh pengetahuan. Objek matematika, bisa ditemukan disekita kita. Karena matematika merupakan ilmu alam yang dapat diamai dan dikembangkan. Sedangkan menurut padangan Platonist, matematika itu tidak dibentuk oleh manusia, matyematika itu sudah ada dan tugas kita adalah menemuakn matematika itu sendiri. Seringkali ditemui bentuk matematika yang abstrak dan sulit dipahami, disinilah peran intuionism, sehingga atematika menjadi aktivitas mental yang dilakukan manusia.E425

    ReplyDelete
  9. Ilmu diperoleh melalui hasil pengamatan, hasil pemikiran dan ilham atau wahyu Tuhan. Dalam ilmu ilmiah maka yang dapat dipelajari adalah ilmu yang diperoleh secara pengamatan atau hasil pemikiran. Dengan pengamatan akan diperoleh aliran empirisisme sedangkan hasil pemikiran menciptakan aliran rasionalisme. Empirisme sifatnya sintetis sedangkan rasionalisme sifatnya analitik. Pengetahuan yang sempurna tidak berdasar hanya dari pengamatan atau hasil rasio semata tetapi gabungannya. Hasil pengamatan kemudian dianalisis atau hasil pemikiran dicari buktinya secara empiris sehingga ilmunya menjadi valid.

    ReplyDelete
  10. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Merujuk pada pandangan para filsuf, setiap aliran filsafat mesti memiliki hubungan satu sama lain. Pengkonstruksian merupakan salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan dalam memperoleh pengetahuan seseorang. Dalam matematika, ilmu pengetahuan dapat diperoleh dri empiris maupun logika. Dimana kedua sumber ini berakar dari paham filsufnya masing-masing.

    ReplyDelete
  11. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Kalau diperhatikan dan ditelaah lebih dalam, aliran-aliran filsafat di atas saling berhubungan satu sama lain. Misalkan aliran fallibism yaitu aliran yang menganggap salah itu benar. Ini digunakan untuk melindungi anak-anak ketika mereka melakukan kesalahan dalam menjawab pertanyaan atau dalam menyelesaikan soal dari guru. Menurut aliran fallibism siswa salam menjawab pertanyaan dari guru adalah benar karena guru tidak dapat membimbing siswa dalam memahami materi tersebut dengan baik dan benar.

    ReplyDelete
  12. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    macam-macam aliran filsafat jika dihubungkan dengan dunia matematika, pada awalnya adalah aliran absolutism dan fallibism-constructivism, kemudian dikembangkan dan disesuaikan berbagai macam aliran lainnya. aliran absolutism mengajarkan kesaklekan dalam mengajarkan matematika. apa yang disampaikan guru, atau yang ada di buku harus diikut. berbeda dengan fallibism-constructivism, siswa masih diberi kebebasan untuk terlibat dalam membangun pengetahuannya sendiri, terbuka untuk menyampaikan pendapat. dan guru terbuka untuk menerima revisi dari siswa

    ReplyDelete
  13. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Peta struktur di atas memang terlihat sangat rumit, namun apabila kita cermati, terdapat dua aliran matematika yaitu formal dan konstruktivism. Keduanya memiliki ahlinya masing-masing. Menurut saya aliran formal sebaiknya diajarkan pada siswa pada jenjang pendidika yang tingkat tinggi, dan sebaliknya aliran kontruktivisme baik untuk anak sekolah. Karena pada dasarnya di usia sekolah anak sedang akan membangun matematikanya. Ketika disajikan matematika formal kepada anak sekolah, yang terjadi adalah mereka tidak akan menyukai matematika seperti yang telah kita lihat selama ini. jika mereka sudah tidak suka, bagaimana guru memahamkan kepada siswa tentang matematika?

    ReplyDelete
  14. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. dapat dilihat dari gambar bahwa filsafat terbagi menajdi dua yakni absolutis dan falibilis. Kedua aliran filsafat ini sangat mempengaruhi filsafat ilmu dan filsafat matematika. dari kedua aliran ini diperoleh pemikiran-pemikiran tetang ilmu matematika baik matematika murni atapun matematika sekolah dan langkah-langkah untuk mempelajari ilmu tersebut,

    ReplyDelete
  15. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Filsafat dan ilmu merupakan dua kata yang saling terkait baik secara substansial, maupun historis karena kelahiran ilmu tidak lepas dari peranan filsafat, begitu pula sebaliknya perkembangan ilmu memperkuat keberadaan filsafat itu sendiri. Filsafat dan matematika tumbuh bersama dalam asuhan seorang filsuf Yunani yakni Pythagoras yang mengemukakan bahwa segenap gejala alam merupakan pengungkapan inderawi dari perbandingan-perbandingan matematis. Ia juga menyimpulkan bahwa bilangan merupakan intisari dan dasar pokok dari sifat-sifat benda.
    Dalam komunikasi pemikiran keilmuan, matematika memainkan dua peranan, yakni :
    1. Sebagai ratu, matematika merupakan bentuk logika paling tinggi yang pernah diciptakan oleh pemikiran manusia.
    2. Sebagai pelayan, matematika menyediakan bagi ilmu-ilmu yang lainnya, bukan saja sistem logikanya tetapi juga model matematis dari berbagai segi kegiatan keilmuwan. Matematika dari model inilah yang dipergunakan untuk mengkomunikasikan hukum keilmuwan dan hipotesis.

    ReplyDelete
  16. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Menurut saya aliran kontruktivisme baik untuk anak sekolah, sebaliknya, aliran formal sebaiknya diajarkan pada siswa di tingkat tinggi, dan. Pada dasarnya di usia sekolah anak sedang akan membangun matematikanya, sehingga mereka harus memahami tanpa rasa terpaksa ataupun ketakutan seperti ketika diterapkan pembelajaran formal. Pembelajan matematika untuk anak sekolah harus bisa membuat senang dan tidak terbebani terlalu berat.

    ReplyDelete
  17. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Secara sekilas, peta struktur diatas memang terlihat sangat rumit, karena referensu yang kit abaca belum banyak. Akan tetapi, saya menagkap informasi adanya dua aliran matematika yaitu formal dan kostruktivisme dengan ahlinya masing-masing.

    ReplyDelete
  18. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan peta Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika, Adanya Constructivism merupakan matematika yang mengutamakan unsut-unsur mengkonstruksikan ilmu. Sedangkan Platonism merupakan aliran yang menganggap bahwa matematika ada dalam diri manusia sendiri.

    ReplyDelete
  19. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Filsafat dan matematika mempunyai hubunga n erat. Dua cabang ilmu ini memiliki hubungan erat karena keduanya tumbuh bersama sebagai buah pemikiran seorang filsuf ternama yakni Pythagoras yang memandang bahwa segenap gejala alam merupakan pengungkapan inderawi dari perbandingan-perbandingan matematis. Dengan adanya filsafat ini yang mendasari pemikiran matematika.

    ReplyDelete
  20. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dalam sketsa tersebut dapat dilihat susuan dari filsafat ilmu matematika, yang awal mulanya berasal dari mysticism dan aritotelian yang kemudian saling berhubungan milai dari platonisme, rationalisme, logicism,euclidean, kantianisme, intuism, formalism, empirism, fallibism,analyticism sampai pada akhirnya tercipta absolutisme dan constructivism. Semua tersusun atas hasil olah pikir para filsuf-filsuf, semua merupakan bentuk dari hasil sintesis dan antitesis.

    ReplyDelete
  21. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Aliran-aliran filsafat yang dikemukan para filsuf berkaitan dengan filsafat ilmu dan filsafat matematika. Filsafat dan matematika tumbuh bersama dalam asuhan seorang filsuf Yunani yakni Pythagoras yang mengemukakan bahwa segenap gejala alam merupakan pengungkapan inderawi dari perbandingan-perbandingan matematis. Ia juga menyimpulkan bahwa bilangan merupakan intisari dan dasar pokok dari sifat-sifat benda. Selain Pythagoras, Plato juga mengemukaan bahwa geometri sebagai pengetahuan ilmiah yang berdasarkan akal murni menjadi kunci ke arah pengetahuan dan kebenaran kebenaran filsafat. Menurut Plato, geometri merupakan suatu ilmu dengan akal murni yang membuktikan proporsi-proporsi abstrak mengenai hal-hal abstrak seperi garis lurus, segitiga atau lingkaran.

    ReplyDelete
  22. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Banyak filsuf telah menggunakan matematika untuk membangun teori pengetahuan dan penalaran yang dihasilkan dengan memanfaatkan bukti-bukti matematika dianggap telah dapat menghasilkan suatu pencapaian yang memuaskan. Matematika telah menjadi sumber inspirasi yang utama bagi para filsuf untuk mengembangkan epistemologi dan metafisik. Menurut Hannes Leitgeb dalam “Mathematical Methods in Philosophy” menjelaskan bahwa dia telah menyelidiki penggunaan matematika di filsafat. Dia memberikan kesimpulan bahwa metode matematika mempunyai kedudukan penting di filsafat. Hannes Leitgeb telah menyelidiki aspek-aspek mana saja dalam matematika dan filsafat yang mempunyai derajat sama ketika melakukan penelaahan. Aspek-aspek tersebut yaitu kesamaan antara obyek, sifat-sifat obyek, logika, sistem-sistem, makna kalimat, hukum sebab-akibat, paradoks, teori permainan dan teori kemungkinan. Perlu kita ketahui bahwa para filsuf menggunakan logika sebab-akibat untuk untuk mengetahui implikasi dari konsep atau pemikirannya, selain itu menggunakan logika sebab-akibat untuk membuktikan kebenaran dari ungkapan-ungkapannya. Sehingga nampak jelas bahwa terdapat hubungan antara Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika.

    ReplyDelete
  23. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari tabel tersebut, aliran filsafat, filsafat ilmu, dan filsafat matematika masing-masing saling memiliki hubungan. Aliran-aliran filsafat yang sangat beragam jenis dapat dijadikan sumber ilmu untuk mempelajari ilmu filsafat. Sehingga melalui ilmu filsafat itu dapat terbentuk filsafat matematika yang menggambarkan aspek-aspek dalam matematika melalui kacamata filsafat.

    ReplyDelete
  24. Rahayu Retnaningsih
    16701261006
    S3 PEP B 2016



    Menurut saya, aliran filsafat,filsafat ilmu dan filsafat matematika itu saling berhubungan satu sama lain. Para filosof tersebut mengkaji matematika dari cara berfikir masing-masing. dan kajian tersebut berlanjut sampai terciptanya pandangan baru Imanuel Kant yang berpandangan matematika merupakan perpaduan pengalaman inderawi yang didukung oleh pemahaman pikiran kita.Di situ bisa dilihat bahwa Pendidikan matematika mengacu pada masalah belajar dalam pendidikan matematika, pemikiran filsafat memiliki peran yang sangat penting.

    ReplyDelete
  25. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Terimakasih banyak Pak, dari bagan tersebut yang bisa saya tangkap adalah terdapat dua bagian aliran filsafat yang berpengaruh pada matematika dan saling terkait satu dengan lainnya, pada pihak pertama yaitu aliran absolutisme yaitu keyakinan bahwa hanya ada satu penjelasan obyektif yang tepat dan tidak berubah tentang realitas (wikipedia.org) dan di pihak yang lain ada fallibilisme yaitu klaim filosofis bahwa tidak ada kepercayaan yang bisa memiliki pembenaran yang menjamin kebenaran kepercayaan tersebut (wikipedia.org) dan konstruktivisme yaitu tindakan mencipta suatu makna dari apa yang dipelajari (wikipedia.org).

    Terimaksih banyak Pak.

    ReplyDelete
  26. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof
    Di dalam gambar tersebut terdapat para filsuf yang mempengaruhi matematika beserta aliran dan pendapatnya secara umum. Terlihat bahwa di bagian kiri terdapat Thales, Plato, Descartes, Frege, da Russel yang memandang pengetahuan berasal dari dalam pikiran seperti matematika murni yang bersifat rasional, berdasarkan logika dan bersifat formal. Di bagian kanan terdapat Aristoteles, Leibniz, Hume, dan Witgeenstein yang memandang pengetahuan sebagai sesuatu yang berasal dari luar pikiran seperti pengalaman dan lain-lain. Sementara Kant berada ditengah-tengah memadukan keduanya bahwa pengetahuan berasal dari pikiran dan juga pengalaman. Dari masing-masing aliran tersebut terdapat garis-garis yang menghubungkan antara satu aliran dengan aliran yang lainnya. Berbagai aliran filsafat tersebut telah banyak memberikan pengaruh terhadap matematika.

    ReplyDelete
  27. Junianto
    PM C
    17709251065
    Saya ingin memberikan pendapat mengenai pendapat dari Thales yang mengatakan bahwa matematika merupakan pemisahan dari ilmu sains atau disebut Mysticism. Menurut pandangan saya, matematika adalah dasar bagi ilmu lain. Dalam fisika, kimia, biologi, teknik, dll, semuanya membutuhkan matematika. Dan hampir di semua jurusan atau disiplin ilmu selalu di ajarkan matematika. Jadi, menurut pendapat sayal, hal ini juga menunjukkan bahwa matematika bukan pemisahan dari ilmu lain.

    ReplyDelete
  28. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dari peta struktur di atas memang terlihat rumit, namun dapat dilihat dari situ bahwa adanya aliran filsafat matematika yaitu Logisme, Intuisme, Formalisme dan Konstruktivisme. Menurut Betrand Russel, matematika berasal dari logika, semua kebenaran matematika dibuktikan secara logika semata. Inuisionisme seperti Brouwer berpendapat bahwa matematika suatu kreasi akal budi manusia. Hilbert (aliran formalism) menganggap sifat alami dari matematika sebagai sistem lambang, bersangkutan dengan simbol-simbol. Manurut Kant, paham konstruktivisme yaitu pengetahuan diperoleh dari proses aktif individu mengkonstruksi pemikirannya. Kemudian filsafat matematika tersebut memiliki hubungan dengan aliran filsafat, seperti Rasionalisme dan Empirisme. Pengetahuan berasal berdasarkan pemikiran rasional ataupun berasal dari pengalaman.

    ReplyDelete
  29. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Absolutisme mencoba meyakini bahwa kebenaran dalam matematika bersifat absolut, artinya tidak mungkin ada fakta berlawanan di dalamnya. Namun pada awal abad ke 20 paham ini mulai goyah akibat munculnya kontradiksi dari beberapa pernyataan dalam himpunan. Paham-paham lain yang mencoba memperkuat keabsolutan kebenaran matematika yaitu logisisme dan formalisme ternyata juga mengalami kesulitan dalam menjelaskan hal-hal secara mendalam. Konstruktivisme hadir dengan tujuan merekonstruksi pengetahuan matematika dalam rangka untuk menjaga dari kehilangan makna dan kontradiksi, sehingga matematika perlu dijelaskan secara konstruktif melalui metode dan penalaran. Konstruktivisme merangkul kepercayaan terhadap ilmu matematika karena mencoba menemukan penjabaran dari kebenaran-kebanaran dalam matematika, sehingga keberadaannya diakui sebagai paham matematika modern.

    ReplyDelete
  30. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pada tabel yang disajikan oleh bapak, menandakan bahwa antara aliran filsafat, filsafat ilmu, dan filsafat matematika berhubungan satu sama lain. jadi antara ketiga aspek tersebut tidak saling kontradiksi maupun berpisah satu sama lain. Hubungan ketiga aspek tersebut menandakan bahwa perbedaan pandangan juga tidak mengakibatkan perbenturan antara satu dengan yang lainnya, namun antara satu dengan yang lainnya saling mendukung agar membuat pengetahuan itu sempurna. Karena pada dasarnya perbedaanlah yang membuat pengetahuan itu menjadi utuh.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  31. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kalau di liat pada bagan di atas menyatakan bahwa aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Setiap aliran atau kajian didukung oleh teori-teori yang memperkuat pernyataan dari setiap pandangan filsafatnya. Meskipun ada perbedaan konsep namun antara pandangan yang satu dan yang lain tetap saling mendukung untuk manjadi suatu aliran yang dapat dijadikan rujukan atau pedoman dalam mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya dibidang matematika.

    ReplyDelete
  32. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Jika dilihat dari peta,beberapa ahli yang menggagas aliran filsafat seperti Thales , Plato,Descartes,Frage,Roussell, Pythagoras,Euclides,dan Aristoteles.Dari peta tersebut ditunjukkan dengan adanya bagan berupa kotak dan anak panah yang saling bersinggungan dan berlawanan menunjukkan bahwa berbagai aliran filsafat tersebut memberikan gambaran bahwa memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya.Wassalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
  33. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Jika kita melihat peta struktur diatas, memang terlihat sangat rumit, namun dari situ saya dapat menangkap adanya dua aliran matematika yaitu formal dan kostruktivisme dengan ahlinya masing-masing. Menurut saya aliran formal sebaiknya diajarkan pada siswa dengan kemampuan tingkat tinggi, dan sebaliknya aliran kontruktivisme baik untuk anak sekolah. Karena pada dasarnya di usia sekolah anak sedang akan membangun matematikanya, sehingga mereka harus memahami tanpa rasa terpaksa ataupun ketakutan seperti ketika diterapkan pembelajaran formal.

    ReplyDelete
  34. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Untuk memahami peta konsep yang telah bapak gambarkan diatas bukanlah hal yang mudah. Namun saya mencoba untuk mengambil kesimpulan bahwa setiap ilmu pengetahuan saling berkaitan satu sama lain, dalam artian satu pengetahuan mendasari pengetahuan yang lain. Matematika memiliki pengaruh besar dalam pengembangan ilmu-ilmu yang lain. Berkaitan dengan filsafat banyak ahli-ahli matematika yang berpendapat bahwa metode matematika adalah filsafat. Dalam artian matematika didasari oleh cara berfikir, logic dan filsafatpun didasari oleh pemikiran. Sehingga filsafat dan matematika merupakan suatu kesatuan yang erat.

    Demikian, terimakasdih.

    ReplyDelete
  35. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Assalamualaikum wr.wb.
    Terimakasih banyak prof. Marsigit atas postingan di atas. Saya sangat beruntung belajar filsafat ilmu ini, karena meskipun saya sarjana pendidikan matematika namun baru kali ini saya melihat secara gamblang tentang hubungan umum aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika. Sungguh rumit dan banyak kosakata dan istilah yang mungkin tidak familier namun saya tidak mengerti maknanya. Kembali lagi, saya adalah icon yang memiliki banyak potensi. Kali ini potensi untuk menjadi tidak paham atas bagan di atas, mungkin sedang berkuasa. Pengetahuan baru di atas, menjadi bukti bahwa filsafat sangat erat kaitannya dengan matematika. Tokoh dan para ahli matematika ternyata menggunakan aliran-aliran filsafat dan pikiran para filsuf untuk menguji dan menjalankan teori serta konsep pembelajaran matematika sehingga jika di generalisasikan menjadi filsafat matematika. Semoga dengan membaca postingan ini berulang kali, saya dapat memahaminya dengan benar dan tepat dan kemudian terus diingat untuk memperkaya wawasan saya terhadap filsafat. Amin.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete


  36. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika
    Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Dari gambaran hubungan aliran-aliran filsafat di atas dapat disimpulkan beberapa hal.
    Constructivist adalah matematika yang mengutamakan unsut-unsur mengkonstruksikan ilmu. Platonist adalah aliran yang menganggap bahwa matematika ada dalam diri manusia, yang dilakukan adalah melakukan aktivitas untuk menutup matematika yang sudah ada disana tanpa menciptakannya.
    Aliran yang menolak kedua aliran tersebut adalah formalist, menurut aliran ini matematika adalah aturan yang menganggu tansformasi suatu formula ke formula lain

    ReplyDelete
  37. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dari bagan di atas, saya mendapatkan pengetahuan mengenai hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika. Hubungannya dapat dilihat dengan jelas bahwa aliran-aliran filsafat itu diawali dengan paham platonism dan eulidean, dan berakhir pada paham abslute dan kontrutivisme. Paham absolute itu kalau kata materi di kelas pak marsigit de kelas adalah paham yang tidak memiliki kontradiksi, sehingga tetap benar adanya. Paham absolute ini tujuannya satu (paham monoisme) yang berakhir pada ketentuan Tuhan. Sedangkan paham kontruktivisme sering digunakan pada matematika murni yang menyatakan identitas, A=A. Paham ini juga tidak memiliki kontradiksi.

    ReplyDelete
  38. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Alhamdulillah dalam diagram tersebut, saya sudah mendapatkan ilmunya pada waktu perkuliahan. Sama persis dengan apa yang bapak buat di papan tulis waktu itu. Dari pembelajaran filsafat tersebut, kesimpulan yang saya ambil salah satunya adalah aliran filsafat, filsafat ilmu, dan filsafat matematika dari masa sebelum masehi hingga ke masa sekarang memiliki hubungan dengan keadaaan yang sedang terjadi pada waktu dan ruang para filsuf berada. Setiap masa, para filsuf ini memiliki pandangan yang berbeda menurut apa yang miliki (pengalaman dan pengetahuan) pada masa ia berada. Tetapi pada hakikatnya, sebagai manusia yang hidup pada masa modern, kita harus lebih memiliki pondasi yang kokoh yaitu ilmu Agama. Karena ada beberapa pendapat filsuf yang mengatakan bahwa agama itu bukanlah suatu hal yang harus dijadikan dasar kehdiupan. Astagfirullah.

    ReplyDelete
  39. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Antara Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu dan Filsafat Matematika, ketiganya saling berkaitan satu dengan yang lainnya, buktinya banyak tokoh filsafat yang juga menjadi tokoh besar Matematika seperti :Aristotles, Euclid, pythagoras, leibniz, dan lain-lain, pemikiran-pemikiran mereka tidak hanya digunakan dalam aliran filsafat ataupun filsafat ilmu, melainkan juga dibidang Matematika yang menjadi pandai dari perkembangan ilmu Matematika sampai saat ini. Pemikiran-pemikiran mereka tentang matematika masih digunakan sampai saat ini karena belum ada ilmuwan yang bisa membantah teori tersebut. Meskipun teorinya sudah berabad-abad yang lalu, kebenarannya masih relevan dan dapat diterima hingga saat ini.

    ReplyDelete
  40. indah purnama sari
    17701251035
    PEP B 2017

    pertama-tama saya ucapkan terimakasih kepada prof Marsigit yang ditengah-tengah kesibukan sudah menyempatkan waktu untuk membuat diagram filsafat guna untuk membantu meningkatkan nation kami sebagai mahasiswa Prof sendiri.
    yang kedua saya pribadi sebagai orang yang sangat audio meminta maaf beribu-ribu maaf sebab tidak menangkapkan penjelasan yang sesuai dengan diagram filsafat tersebut. yang saya pahami hanyalah filsafat dikembangkan oleh para filsuf dari zaman ke zaman dengan berbagai konteks ilmu dan salah satu nya matematika. :( maafkan saya sekali lagi prof akan kurang nya menangkap ilmu yang sangat hebat dari prof ini kepada Allah saya mohon ampun..

    ReplyDelete
  41. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Saya akan mencoba menuliskan pendapat saya tentang diagram tersebut. Menurut saya diagram di atas terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian kiri, tengah dan kanan. Bagian kiri merupakan pendapat bahwa matematika sebagai obyek pikir sehingga akan bersifat mistis, rasional, logis dengan tokoh plato. Kemudian bagian kanan atas berpendapat bahwa matematika itu tergantung dengan ruang dan waktu sehingga terjadi dikenyataan dengan tokoh aristoteles sehingga bersifat empiris. Kemudian keduanya bertemu di bagian tengah sehingga memunculkan berpikir kritis, skeptis, epistemologi dan lain-lain dengan tokoh euclid. Dari gabungan ketiganya akan muncul intuisi matematika dan dianalis sebagai matematika formal namun tetap dihubungkan dengan kenyataan sehingga muncullah matematika yang absolut yaitu yang ada dipikiran dan matematika yang masih dapat dikembangkan sesuai dengan kenyataan (konstruktivisme).

    ReplyDelete
  42. Junianto
    17709251065
    PM C

    Sebagaimana kita ketahui bahwa filsafat adalah sumber ilmu lainnya. Dari filsafat kemudian diturunkan lagi menjadi matematika, dst. Matematika juga merupakan dasar dari disiplin ilmu lainnya. Hal ini juga menunjukkan bahwa matematika bukan pemisahan dari ilmu lain. Hal ini menurut saya sedikit bertentangan dengan pendapat dari Thales yang mengatakan bahwa matematika merupakan pemisahan dari ilmu sains atau disebut Mysticism. Jadi, filsafat, matematika, dan disiplin ilmu yang lain memiliki hubungan yang saling berkaitan.

    ReplyDelete
  43. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Constructivist adalah matematika yang mengutamakan unsut-unsur mengkonstruksikan ilmu. Platonist adalah aliran yang menganggap bahwa matematika ada dalam diri manusia, yang dilakukan adalah melakukan aktivitas untuk menutup matematika yang sudah ada disana tanpa menciptakannya.

    ReplyDelete
  44. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Absolutism dan constructivism saling berhunganan. Sesuatu yang bersifat absolut adalah milik Tuhan. constructivism aliran yang menciptakan makna dari apa yang dipelajari. Setiap materi dalam Matematika memiliki makna dan makna yang harus dipahami oleh siswa. Oleh karena itu, konstruktivisme cocok untuk Matematika dan diterapkan di Satuan Pendidikan agar siswa mudah memahami Matematika dan angapan sulit itu akan sedikit hilang.

    ReplyDelete
  45. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Aliran-aliran filsafat ada yang bertentangan dan berhubungan. Contoh yang bertentangan adalah aliran filsafat empirisme dengan tokoh david hume dengan aliran filsafat rasionalisme dengan tokoh rene dscartes. Mereka berbeda pendapat mengenai dasar dari sebuah ilmu. Rene descartes berpendapat bahwa sebenar-benar ilmu berdasarkan rasio atau pikiran. Sedangkan david hume berpendapat bahwa sebenar-benar ilmu didasarkan pada pengalaman. Masing-masing mempunyai alasan argumen yang masing-masing kuat.

    ReplyDelete
  46. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Konstruktivisme merupakan membangun pemahaman, dari yang sifatnya formal menuju ke abstrak. Filsafat ilmu dan filsafat matematika keduanya saling berkaitan. Akar dari filsafat matematika adalah filsafat ilmu. Filsafat ilmu lahir dari aliran filsafat.

    ReplyDelete
  47. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Aliran filsafat itu sangat banyak, dan aliran tersebut sesuai dengan tokoh yang mengeluarkan pendapatnya. Banyak para tokoh aliran filsafat tersebut mengaitkan ilmu filsafat dengan matematika. Pada dasarnya filsafat ilmu adalah dasar dari segala ilmu, akan tetapi matematika adalah ilmu yang pasti atau absolute nilai kebenarannya.

    ReplyDelete
  48. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Adanya tokoh Pyhtagoras membuktikan bahwa filsafat dan matematika memiliki hubungan yang erat. Ia memandang bahwa segenap gejala alam merupakan hasil pengungkapan inderawi juga perbandingan-perbandingan matematis. Peran filsafat matematika adalah untuk memberikan landasan yang sistematis dan absolut untuk pengetahuan matematika, yaitu dalam nilai kebenaran matematika. Dan asumsi ini merupakan dasar dari aliran filsafat. Oleh karenanya aliran filsafat, filsafat ilmu, dan filsafat matematika memiliki keterkaitan satu sama lain.

    ReplyDelete
  49. Kartika Pramudita
    17701251021
    S2 PEP B

    Pada gambar tersebut sebelah kiri merupakan tokoh dan aliran filsafat logika. Tokoh-tokoh dari filsafat ini adalah Thales, Plato, Descartes, Frege, Russel. Sedangkan di sebelah kanan merupakan tokoh dan aliran filsafat empiris. Tokoh-tokoh dari filsafat ini adalah Aristoteles, Leibniz, Lakatos, Wittgenstein. Selanjutnya untuk memperoleh ilmu maka Immanuel Kant menggabungkan keduanya yaitu sintetik (berasal dari empiris) dan a priori (berasal dari rasionalis). Karena menurut Imanuel Kant sebenar-benar ilmu adalah sintetik a priori. Selanjutnya dari filsafal ilmu diturunkan menjadi filsafat matematika.

    ReplyDelete
  50. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Aliran filsafat erat kaitannya dengan para filsafat matematika, karena para tokoh filsafat atau filsuf-filsuf ternyata menuangkan ide dan pikiran-pikirannya ke matematika. Misalkan saja Plato, beliau adalah tokoh realisme, yang selanjutnya diikuti oleh Descartes yang menyatakan menggunakan logika dalam berpikir sehingga muncul aliran rasionalisme, dan lahirlah teori kebenaran berdasarkan teori koherensi.

    ReplyDelete
  51. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Hubungan antaraaliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika telah digambarkan dan diringkas sehingga pembacanya akan semakin mudah di mengerti. Dari bagan tersebut dapat disimpulkan bahwa apabila dirterapkan dalam matematika maka terdapat dua pihak yaitu matematika murni dan pendidikan matematika. Kedua pihak tersebut memiliki kewenangannya masing-masing di mana pada matematika murni dia akan membantu menghasilkan penemuan-penemuan teknologi yang telah kita rasakan. Sedangkan pada pendidikan matematika, pihak ini dapat membantu mencerdaskan siswa yang berhubungan juga dengan kemampuan siswa mengetahui matematika murni tersebut.

    ReplyDelete
  52. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dilihat dari peta diatas maka bisa menyimpulkan bahwasanya orang yang paling berpengaruh dalam filsafat adalah Euclidian, karena euclid menjembatani antara pemikiran abstrak dan pemikiran real serta pemiikiran kuno dan modern terlihat dari sana bahwa setelah euclid kemudian menurunkan sifat formalism.

    ReplyDelete
  53. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Terima kasih Prof. Marsigit, membaca diagram tersebut memang sedikit membingungkan, terlebih bagi yang belum terbiasa dengan dunia filsafat. Biarpun demikian, diagram tersebut memberikan gambaran mengenai hubungan filsafat, filsuf, serta matematika yang memberikan pengertian baru bahwa semuanya memiliki hubungan yang erat, dibandingkan saat membaca filsafat dan semuanya terasa samar dan saling terpisah. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  54. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Peta struktur diatas memang terlihat adanya dua aliran matematika yaitu formal dan kostruktivisme dengan ahlinya masing-masing. Dari gambaran hubungan aliran-aliran filsafat di atas dapat disimpulkan beberapa hal salah satunya constructivist adalah matematika yang mengutamakan unsut-unsur mengkonstruksikan ilmu dan platonist adalah aliran yang menganggap bahwa matematika ada dalam diri manusia.

    ReplyDelete
  55. Insan A N/PPs PmC 2017
    Berdasarkan keterangan di atas, setiap filsuf memiliki school atau aliran tersendiri hubungannnya deengan matematika. Kontruktivis beraanggapan matematika adalah aktivitas membangun pengetahuan, dari mulai dasar sampai puncak. Platonism beranggapan matematika adalah hal yang sudah baku, disepakati bersama dan tidak dapat dirubah. Berbeda lagi degna intuisme yang menganggap matematika sebagai aktivitas mental yang bermakna,berpola

    ReplyDelete
  56. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Terima kasih Prof. untuk peta yang telah ditampilkan pada postingan kali ini. Peta tersebut menggambarkan tentang hubungan antara aliran filsafat yang bermacam-macam dengan filsafat ilmu dan filsafat matematika. Ada banyak informasi yang bisa didapat sehingga dapat menambah wawasan. Constructivist adalah matematika yang mengutamakan unsur-unsur mengkonstruksikan ilmu. Platonist adalah aliran yang menganggap bahwa matematika ada dalam diri manusia, yang dilakukan adalah melakukan aktivitas untuk menutup matematika yang sudah ada disana tanpa menciptakannya. Aliran yang menolak kedua aliran tersebut adalah formalist, menurut aliran ini matematika adalah aturan yang menganggu transformasi suatu formula ke formula lain. Dan adapula intuism yang beranggapan bahwa matematika adalah kegiatan mental yang bermakna.

    ReplyDelete
  57. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dari diangram tersebut saya menangkap bahwa keyakinan (spiritualisme) berada di dunia langit, di dalamnya terdapat keyakinan akan Tuhan Yang Maha Esa, prinsip dan aturannya adalah bersifat absolut (absolutisme) dan tunggal (monoisme). Spiritualisme ini hendaknya dipahami dengan menggunakan hati, ketetapan dan kebenaran Kitab Suci agama tak perlu dipikirkan dengan pikiran, biarlah hati meyakini kebenaran tersebut, dan kita laksanakan apa yang tertulis dan dinyatakan dalam Kitab Suci agama kita masing-masing.
    Immanuel Kant berpendapat bahwa Ilmu Pengetahuan itu didapatkan dengan cara sintetik apriori yaitu didapatkan dengan cara apriori (dapat memahami suatu hal sebelum kita melihatnya mengalaminya hanya dengan asumsi) atau dengan cara aposteriori (dapat memahami suatu hal hanya setelah kita melihat atau mengalaminya). Matematika murni atau matematika orang dewasa bersifat apriori, yang mana menurut Immanuel Kant belum cukup untuk disebut pengetahuan, sedangkan matematika sekolah atau anak bersifat realisme, kongkrit dan aposteriori.

    ReplyDelete
  58. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dari bagan yang tegambar diatas, diketahui bahwa filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika saling berhubungan. Mulai dari mysticism hingga logicism, Euclidean hingga absolutism dan dari Aristotelian hingga constructivism. Semua hal terhubung melalui bagan alur yang saling mempengaruhi satu dan lainnya.

    ReplyDelete
  59. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Filsafat adalah hasil olah pikir para filsuf. Hasil olah pikir tersebut kemudian menjadi isme-isme (pusat) yang menjelaskan semua sifat objek yang ada dan yang mungkin ada, salah satunya matematika. Matematika berasal dari pemikiran para filsuf terdahulu, kemudian dari pemikiran tersebut muncul Euclidian dan merujuk pada pemikiran itu muncul Aristolelian. Matematika ada yang hanya terjadi di pikiran dan ada pula yang terjadi berdasar aktivitas/pengalaman. Matematika yang identitas & absolut yang terjadi di pikiran hanya milik orang dewasa sedangkan matematika sekolah/anak-anak adalah yang berdasar kenyataan/pengalaman, sesuai dengan pemikiran Aristotelian. Oleh karena itu aliran Aristotelian merupakan awal dari kontruktivisme/pbm matematika saat ini. Mohon koreksi jika pemahaman saya masih keliru. Sekian dan Terima Kasih. Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  60. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Sesungguhnya filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika memiliki garis historis keilmuan yang sama. Perkembangan filsafat diawali dari filsafat kemudian filsafat ilmu dan dikhususkan kepada filsafat matematika. Berdasarkan gambar diatas dijelaskan bahwa awal mula diawali dari filsafat di mana Thales yang identic dengan pemikiran mistis atas dunia, dilanjutkan plato yang diikuti oleh pemikiran rasional dan logis. Setelah itu, filsafat ilmu dikembangkan oleh Kantianism yang diikuti oleh intuisi dan formalism. Dikerucutkan kembali, menjadi filsafat matematika dengan empririsme, analisis dan konstruktivis.

    ReplyDelete
  61. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Terimakasih atas diagram yang telah Prof. buat dan bagikan kepada kita semua. Namun seperti saran saya sebelumnya, akan lebih baik jika diagram tersebut dibubuhi penjelasan baik berupa suara yang sedang menjelaskan diagram tersebut ataupun tulisan yang dapat dibaca dengan runtut. Sehingga kita dapat memahami memahami maksud diagram tersebut.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Ketiganya sangatlah berpengaruh satu sama lain. aliran filsafat memberikan corak warna yang berbeda dalam memagamu filsafat yang sudah ada. Keduanya memberikan makna yang sangat pentin khususnya baggi pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika jika mengetahui filsafat dari belajar mametamtika berdasarkan aliran yang diterapkan, maka akan memberikan dampak baik itu positif maupun negatif tergantung aliran yang diterapkan itu apa.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  64. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    ilmu filsafat merupakan ilmu yang berdasarkan pada pikiran seseorang. sejujurnya saya masih bingung mengenai diagram terssebut. yang saya tahu dari tabel diatas bahwa ternyata banyak ilmuwan filsafat dan ilmuwan matematika banyak yang sama, diantaranya terdapat phytagoras, aristotles, euclid, dll.

    ReplyDelete
  65. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. dapat dilihat dari gambar bahwa filsafat terbagi menajdi dua yakni absolutis dan falibilis. Kedua aliran filsafat ini sangat mempengaruhi filsafat ilmu dan filsafat matematika. dari kedua aliran ini diperoleh pemikiran-pemikiran tetang ilmu matematika baik matematika murni atapun matematika sekolah dan langkah-langkah untuk mempelajari ilmu tersebut

    ReplyDelete
  66. Ilma Rizki Nur Afifah
    P.Mat A S2 UNY

    Dari gamabaran hubungan aliran-aliran filsafat di atas dapat disimpulkan beberapa hal.
    Constructivist adalah matematika yang mengutamakan unsut-unsur mengkonstruksikan ilmu. Platonist adalah aliran yang menganggap bahwa matematika ada dalam diri manusia, yang dilakukan adalah melakukan aktivitas untuk menutup matematika yang sudah ada disana tanpa menciptakannya.
    Aliran yang menolak kedua aliran tersebut adalah formalist, menurut aliran ini matematika adalah aturan yang menganggu tansformasi suatu formula ke formula lain

    ReplyDelete
  67. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Kantian yaitu teori yang dipeloproi oleh Kant, atau disebut juga kritisisme, muncul karena pertentangan rationalisme dan empiricism. Rationalism dengan tokohnya Descartes berpendapat bahwa segala sesuatu harus berdasar pada rasio, sehingga semua pengetahuan bersumber dari akal/rasio. Empiricism dengan tokohnya David Hume berpendapat bahwa pengetahuan hanya dapat diperoleh melalui pengalaman. Kantianisme atau kritisisme yang berusaha menjawab persoalan dengan pemikirannya bertolak pada ruang dan waktu sebagai dua bentuk pengamatan. Akal menerima bahan-bahan pengetahuan dari empiri (indera dan pengalaman) dan mengaturnya dalam bentuk pengamatan yakni ruang dan waktu. Pengamatan merupakan permulaan pegetahuan, sedangkan pengolahan oleh akal merupakan pembentuknya

    ReplyDelete
  68. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Dari diagram di atas terlihat bahwa filsafat ilmu dan filsafat matematika saling berkaitan, begitu pula dengan tokoh-tokohnya. di kelas mata kuliah filsafat ilmu saya ingat bapak pernah menyampaikan kepada kami bahwa filsafat yang kita pelajari itu tergantung tokohnya. dan masing-masing tokoh itu sudah merangkum filsafat dari tokoh lainnya, misalnya filsafatnya Immanuel Kant, sudah termasuk filsafat dari tokoh-tokoh lainnya. begitu yang saya ingat. mohon maaf jika ada kekeliruan.

    ReplyDelete
  69. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Semua tokoh filsafat memiliki pemikirannya sendiri-sendiri. Mulai dari filsafat yang ada di langit sampai yang ada di bumi. Sungguh beragam dan memiliki makna sendiri-sendiri. Tinggal pilihan kita untuk mengabstraksinya. semua sudah tersedia. Apa yang kita pilih itulah yang menjadi filsafat kita. karena sebenar-benar filsafatmu adalah penjelasan itu sendiri.

    ReplyDelete
  70. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terimakasih Prof Marsigit atas sintesis hubungan antar aliran-aliran filsafat. Meskipun jika saya mencoba memahaminya saya tetap kesulitan dalam memaknainya. Hanya ada satu hal yang bisa saya tangkap, bahwa aliran-aliran filsafat ini lahir sebagai anti tesis dari aliran sebelumnya. Hal yang lumrah dan bisa dimaklumi ketika kita memahami bahwa filsafat adalah olah pikir. Setiap hasil pemikiran selalu ditanya ditanya dan ditanya sampai menghasilkan sebuah keputusan yang tidak lagi bisa ditanya.

    ReplyDelete
  71. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Dari gambar tersebut, aliran filsafat saya sering dengar yaitu tentang Kant. Kantianisme adalah falsafah Immanuel Kant, seorang ahli falsafah Jerman yang dilahirkan di Königsberg, Prussia (kini Kaliningrad, Rusia). Kantianism atau Kantian juga digunakan untuk menggambarkan kedudukan kontemporari dalam falsafah fikiran, epistemologi, dan etika. Kantianisme adalah pahaman di mana setiap kita mengambil keputusan, kita harus membayangkan bagaimana kita adalah pihak yang dirugikan. Pahaman ini menjelaskan bahawa bila dilakukan sesuatu tindakan, maka tindakan itu dilakukan tanpa memperhatikan kepentingan orang lain.

    ReplyDelete
  72. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Mencoba memahami hal ini dari perspektif keilmuan saya, ketiga hal ini: aliran filsafat, filsafat ilmu, dan filsafat matenatika, adalah tiga hal yang saling berkaitan. Filsafat ilmu merupakan cabang dari filsafat yang tujuannya untuk memberi pengetahuan guna tercapainya suatu tujuan, dan segala hal yang terkait hal itu. Sedangkan Filsafat matematika adalah cabang lagi dari filsafat ilmu yang merupakan bagian tak terpisahkan dari filsafat, hal ini fokus pada ilmu maatematika. Sementara aliran filsafat, berpengaruh terhadap bagaimana pola pikir yang digunakan pada filsafat ilmu dan filsafat matematika.

    ReplyDelete
  73. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    "Dari gambaran hubungan aliran-aliran filsafat di atas dapat disimpulkan beberapa hal.
    Constructivist adalah matematika yang mengutamakan unsut-unsur mengkonstruksikan ilmu. Platonist adalah aliran yang menganggap bahwa matematika ada dalam diri manusia, yang dilakukan adalah melakukan aktivitas untuk menutup matematika yang sudah ada disana tanpa menciptakannya.
    Aliran yang menolak kedua aliran tersebut adalah formalist, menurut aliran ini matematika adalah aturan yang menganggu tansformasi suatu formula ke formula lain"

    ReplyDelete
  74. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Matematika akan lebih mudah dipahami jika mampu dikonstruksikan. Ini merupakan salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan dalam memperoleh pengetahuan seseorang. Berbicara mengenai objek matematika, maka dapat ditemukan di sekitar kita. Karena matematika merupakan ilmu alam yang dapat diamati dan dikembangkan. Menurut pandangan Platonist, matematika itu tidak dibentuk oleh manusia, matematika itu sudah ada dan tugas kita adalah untuk menemukannya. Namun sering kali ditemui bentuk matematika yang abstrak dan sulit dipahami, disinilah peran intuitionism, sehingga matematika menjadi aktivitas mental yang dilakukan manusia.

    ReplyDelete
  75. Constructivist adalah matematika yang mengutamakan unsut-unsur mengkonstruksikan ilmu. Platonist adalah aliran yang menganggap bahwa matematika ada dalam diri manusia, yang dilakukan adalah melakukan aktivitas untuk menutup matematika yang sudah ada disana tanpa menciptakannya.

    ReplyDelete
  76. Dari gambaran hubungan aliran-aliran filsafat di atas dapat disimpulkan beberapa hal.
    Constructivist adalah matematika yang mengutamakan unsut-unsur mengkonstruksikan ilmu. Platonist adalah aliran yang menganggap bahwa matematika ada dalam diri manusia, yang dilakukan adalah melakukan aktivitas untuk menutup matematika yang sudah ada disana tanpa menciptakannya.

    ReplyDelete
  77. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Terimakasih Prof atas bagan yang dibagikan pada artikel ini. dari bagain ini saya memahami bahwa adanya keterkaitan antara filsafat ilmu dan matematika. Antara filsafat satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Ilmu yag mendasari atau pangkal dari bagan tersebut yaitu euclide. Banayak filsuf yang menutarakan pandangannya tentang filsafat. Dari masing masing pendapat memiliki konsep masing-masing dan juga saling mendasari satu dengan yang lainnya.

    ReplyDelete
  78. Siti Efiana
    15301241029
    S1- Pend.Mat I 2015

    Terima kasih, Prof. Dari gambar di atas saya bisa melihat bahwa aliran-aliran filsafat berhubungan satu sama lain dan hubungan antara filsafat ilmu dan filsafat matematika. Selain itu, saya juga mengetahui bahwa ternyata banyak sekali tokoh dan aliran dalam filsafat, seperti Thales, Plato, Aristoteles, Euclidian, Russel, dll. Yang saya kagumi dari tokoh-tokoh itu adalah pemikirannya yang kritis.

    ReplyDelete
  79. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1-Pendidikan Matematika

    Filsafat mempalajari semua yang ada di dunia ini sehingga memiliki cakuman yang luas. Dari bagan tersebut terlihat bahwa aliran-aliran dalam filsafat saling berhubungan begitu juga filsafat ilmu berhubungan dengan filsafat matematika. Banyak para filsuf yang ikut berperan dalam perkembangan filsafat matematika seperti Pythagoras, Euclid, Hilbert dan sebagainya. Filsuf tersebut sekaligus sebagai ahli matematika.

    ReplyDelete
  80. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Terima kasih Prof. atas informasi dan ilmunya yang telah dibagikan. Dari informasi tersebut di atas saya belajar bahwa ternyata ada banyak hubungan antar aliran filsafat, filsafat ilmu, dan filsafat matematika. Banyaknya keterkaitan antar filsafat-filsafat tersebut berhasil menghasilkan ilmu baru dan koneksi baru yang mampu menjelaskan suatu ilmu dengan bantuan ilmu lainnya. Sehingga dapat diterima dan dianggap masuk akal bagi banyak orang lainnya.

    ReplyDelete
  81. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih prof sudah mengunggah diagram sintesa hubunan antara aliran-aliran filsafat yang sangat bermanfaat. Tetapi seujujurnya saya belum terlalu mampu memahami diagram yang sudah Prof. Marsigit berikan. Yang dapat saya lihat dari diagram tersebut yaitu adanya dua aliran filsafat yaitu aliran formal yang kemudian diturunkan menjadi absolut kemudian ada aliran konstruktivissme yang keduanya saling berpengaruh. Mohon maaf jika masih salah Prof. Mohon bimbingannya untuk dapat disampaikan di kelas agar kami semakin memahami hubungan antar aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika.

    ReplyDelete
  82. Nur’aini Habibah Sa’diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas diagram yang telah di share pada postingan kali ini. Diagram tersebut menggambarkan tentang hubungan aliran filsasat termasuk filsadat ilmu dan filsafat matematika. Banyak para filsuf yang mengemukakan aliran filsafat tersebut seperti Thale, Plato, Pythagoras, Euclid, Aristotles, Leibniz, dan lainnya. filsuf-filsuf tersebut juga merupakan tokoh yang berperan penting dalam perkembangan matematika khususnya dalam teori-teori yang ada dalam matematika. Selain itu terlihat bahwa baik Matematika melalui formal dan constructivism saling terkait.

    ReplyDelete
  83. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Terimakasih prof atas diagram yang merupakan hubungan antara aliran-aliran filsafat seperti diatas. Dari diagram tersebut dapat diketahuai bahwa sebenarnya ada hubungan antar aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika. Dan dalam diagram tersebut juga menyebutkan banyak sekali filusuf yang terlibat didalamnya yaotu Thales yang mendefinisikan matematika, Plato, Dercaertes,Russell dll.

    ReplyDelete