Nov 5, 2014

Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika




Berikut saya sampaikan hasil sintesis saya perihal hubunan antara aliran-aliran filsafat.

      Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika (Diagram dibuat oleh Marsigit)

7 comments:

  1. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Pada diagram, terlihat antara hubungan antar aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika. Terdapat pula Kantianism yang didalamnya terdapat kritik, skeptik, ideal, epistemologi, fenomenologis, realis dan trans. Kantianism sendiri merupakan aliran yang tercipta karena adanya pemikiran dari seorang filsuf bernama Immanuel Kant. Untuk memahaminya tidak lah mudah dan perlu berpikir filsafat tingkat tinggi karena memahami Kant berarti melampauinya.
    Salah satu pengetahuan yang dikemukakan Kant adlah tentang Pengetahuan Transendental. Kata ‘Transenden’ bagi Kant berarti sesuatu yang berada di luar jangkauan pengalaman. Sedangkan melalui konsep transendental, Kant hendak menyelidiki bagaimana cara kita mengetahui. Bagi Kant, kedua kata tersebut memiliki makna yang sedikit berbeda.
    Deduksi transendental merupakan metode deduksi logika dengan dua buah premis, sebagaimana berikut ini:
    1. Hanya jika A maka B,
    2. B telah kita alami maka,
    3. A
    Kant menggunakan silogisme ini untuk menyimpulkan kondisi yang diperlukan untuk mengetahui. Premis 2 menunjukkan apa yang telah kita alami, premis 1 adalah kondisi yang memungkinkan kita memiliki pengalaman itu, Karena keduanya adalah benar, elemen transendental A pada langkah 3 harus mengikuti. Kant menggunakan metode ini untuk mengetahui hakikat pengetahuan, atau kondisi pra – mengetahui.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  2. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari gambar, tampak beberapa tokoh filsafat dan termasuk tokoh matematika. Tokoh filsafat dan tokoh matematika mempunyai pandangan sendiri-sendiri. Tokoh-tokoh tersebut sebetulnya saling melengkapi hanya saja berbeda pendapat. Dan karena perbedaan pendapat tersebut, dapat mengembangkan atau memunculkan pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  3. Rosi anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Jika berbicara tentang filsafat, memang sangat erat kaitannya dengan banyak cabang ilmu lain. Filsafat merupakan ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sungguh hakekat kebenaran segala sesuatu. Dengan bantuan filsafat, manusia berusaha menangkap makna, hakekat, hikmah dari setiap pemikiran, realitas dan kejadian. Filsafat mengantarkan manusia untuk lebih jernih, mendasar dan bijaksana dalam berpikir, bersikap, berkata dan mengambil keputusan. Dalam sejarah panjang kehidupan manusia tentu banyak sekali kejadian-kejadian atau fenomena yang belum pernah terjadi sebelumnya dikehidupan-kehidupan selanjutnya, sehingga para tokoh filsuf di atas memiliki berbagai macam pandangan atau teori sendiri tentang memandang bagaimana hubungan filsafat dengan ilmu lainnya.

    ReplyDelete
  4. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Filsafat matematika adalah cabang dari filsafat yang mengkaji anggapan-anggapan filsafat, dasar-dasar, dan dampak-dampak matematika (dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Filsafat_matematika). Para filsuf mengambil matematika menjadi sebuah paradigma pengetahuan dan penalaran yang digunakan dalam mengikuti bukti. Matematika sering dianggap sebagai lambang pemikiran yang rasional serta merupakan sumber yang kaya akan filosofis yang menjadi pusat epistemologi dan metafisika sejak awal filsafat Barat.Immanuel Kant mengemukakan bahwa ilmu matematika merupakan contoh yang paling cemerlang tentang bagaimana akal murni berhasil bisa memperoleh kesuksesannya dengan bantuan pengalaman.

    ReplyDelete
  5. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika tidak bisah dipisahkan karena ketiganya memiliki keterkaitan satu sama lain. Filsafat merupakan ilmu yang mempelajari semua yang ada di dunia ini. dari aliran-aliran filsafat maka lahirlah filsafat ilmu. belajar filsafat berarti belajar mengenai yang ada dan mungkin ada, yan artinya dalam belajar matematika dengan menggunakan filsafat berarti bermain dengan logic (logisisme), begitupun juga peran filsafat ilmu sebagai dasar pijakan dalam mempelajari matematika, sehingga matematika dipandang sebagai ilmu yang berkaitan dengan cara berpikir, dengan tujuan akhir bahwa ilmu filsafat dan matematika yaitu sama-sama mencari kebenaran.

    ReplyDelete
  6. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Dari gambar di atas, dapat diketahui bahwa dalam filsafat matematka terdapat analyticism, empiricism, dan constructivism. Ketiga hal tersebut saya memahami penggunaannya, tetapi saya ingin menanyakan mengenai penerapan fallibism dalam pembelajaran matematika,prof?

    ReplyDelete
  7. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Filsafat memiliki makna yang sangat luas. Hal ini karena banyaknya aliran filsafat yang ada. Aliran filsafat ini muncul karena hadirnya pandangan para filsuf mengenai filsafat ilmu itu sendiri. Artinya filsafat ilmu berkembang dan muncul karena adanya aliran dari para filsuf itu sendiri. Aliran ini pun berkembang seiring perkembangan jaman. Tidak lazim ditemukan perbedaan pandangan mengenai filsafat ilmu itu sendiri. Tetapi hal ini tidaklah membuat kegaduhan yang besar pada filsafat. Mengapa demikian? Karena filsafat bekerja sesuai ruang dan waktunya. Sedangkan, filsafat matematika merupakan bagian dari filsafat ilmu yang pada dasarnya lahir dari aliran filsafat para filsuf itu sendiri. Terima kasih.

    ReplyDelete