Nov 5, 2014

Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika




Berikut saya sampaikan hasil sintesis saya perihal hubunan antara aliran-aliran filsafat.

      Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika (Diagram dibuat oleh Marsigit)

20 comments:

  1. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Pada diagram, terlihat antara hubungan antar aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika. Terdapat pula Kantianism yang didalamnya terdapat kritik, skeptik, ideal, epistemologi, fenomenologis, realis dan trans. Kantianism sendiri merupakan aliran yang tercipta karena adanya pemikiran dari seorang filsuf bernama Immanuel Kant. Untuk memahaminya tidak lah mudah dan perlu berpikir filsafat tingkat tinggi karena memahami Kant berarti melampauinya.
    Salah satu pengetahuan yang dikemukakan Kant adlah tentang Pengetahuan Transendental. Kata ‘Transenden’ bagi Kant berarti sesuatu yang berada di luar jangkauan pengalaman. Sedangkan melalui konsep transendental, Kant hendak menyelidiki bagaimana cara kita mengetahui. Bagi Kant, kedua kata tersebut memiliki makna yang sedikit berbeda.
    Deduksi transendental merupakan metode deduksi logika dengan dua buah premis, sebagaimana berikut ini:
    1. Hanya jika A maka B,
    2. B telah kita alami maka,
    3. A
    Kant menggunakan silogisme ini untuk menyimpulkan kondisi yang diperlukan untuk mengetahui. Premis 2 menunjukkan apa yang telah kita alami, premis 1 adalah kondisi yang memungkinkan kita memiliki pengalaman itu, Karena keduanya adalah benar, elemen transendental A pada langkah 3 harus mengikuti. Kant menggunakan metode ini untuk mengetahui hakikat pengetahuan, atau kondisi pra – mengetahui.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  2. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari gambar, tampak beberapa tokoh filsafat dan termasuk tokoh matematika. Tokoh filsafat dan tokoh matematika mempunyai pandangan sendiri-sendiri. Tokoh-tokoh tersebut sebetulnya saling melengkapi hanya saja berbeda pendapat. Dan karena perbedaan pendapat tersebut, dapat mengembangkan atau memunculkan pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  3. Rosi anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Jika berbicara tentang filsafat, memang sangat erat kaitannya dengan banyak cabang ilmu lain. Filsafat merupakan ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sungguh hakekat kebenaran segala sesuatu. Dengan bantuan filsafat, manusia berusaha menangkap makna, hakekat, hikmah dari setiap pemikiran, realitas dan kejadian. Filsafat mengantarkan manusia untuk lebih jernih, mendasar dan bijaksana dalam berpikir, bersikap, berkata dan mengambil keputusan. Dalam sejarah panjang kehidupan manusia tentu banyak sekali kejadian-kejadian atau fenomena yang belum pernah terjadi sebelumnya dikehidupan-kehidupan selanjutnya, sehingga para tokoh filsuf di atas memiliki berbagai macam pandangan atau teori sendiri tentang memandang bagaimana hubungan filsafat dengan ilmu lainnya.

    ReplyDelete
  4. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Filsafat matematika adalah cabang dari filsafat yang mengkaji anggapan-anggapan filsafat, dasar-dasar, dan dampak-dampak matematika (dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Filsafat_matematika). Para filsuf mengambil matematika menjadi sebuah paradigma pengetahuan dan penalaran yang digunakan dalam mengikuti bukti. Matematika sering dianggap sebagai lambang pemikiran yang rasional serta merupakan sumber yang kaya akan filosofis yang menjadi pusat epistemologi dan metafisika sejak awal filsafat Barat.Immanuel Kant mengemukakan bahwa ilmu matematika merupakan contoh yang paling cemerlang tentang bagaimana akal murni berhasil bisa memperoleh kesuksesannya dengan bantuan pengalaman.

    ReplyDelete
  5. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika tidak bisah dipisahkan karena ketiganya memiliki keterkaitan satu sama lain. Filsafat merupakan ilmu yang mempelajari semua yang ada di dunia ini. dari aliran-aliran filsafat maka lahirlah filsafat ilmu. belajar filsafat berarti belajar mengenai yang ada dan mungkin ada, yan artinya dalam belajar matematika dengan menggunakan filsafat berarti bermain dengan logic (logisisme), begitupun juga peran filsafat ilmu sebagai dasar pijakan dalam mempelajari matematika, sehingga matematika dipandang sebagai ilmu yang berkaitan dengan cara berpikir, dengan tujuan akhir bahwa ilmu filsafat dan matematika yaitu sama-sama mencari kebenaran.

    ReplyDelete
  6. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Dari gambar di atas, dapat diketahui bahwa dalam filsafat matematka terdapat analyticism, empiricism, dan constructivism. Ketiga hal tersebut saya memahami penggunaannya, tetapi saya ingin menanyakan mengenai penerapan fallibism dalam pembelajaran matematika,prof?

    ReplyDelete
  7. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Filsafat memiliki makna yang sangat luas. Hal ini karena banyaknya aliran filsafat yang ada. Aliran filsafat ini muncul karena hadirnya pandangan para filsuf mengenai filsafat ilmu itu sendiri. Artinya filsafat ilmu berkembang dan muncul karena adanya aliran dari para filsuf itu sendiri. Aliran ini pun berkembang seiring perkembangan jaman. Tidak lazim ditemukan perbedaan pandangan mengenai filsafat ilmu itu sendiri. Tetapi hal ini tidaklah membuat kegaduhan yang besar pada filsafat. Mengapa demikian? Karena filsafat bekerja sesuai ruang dan waktunya. Sedangkan, filsafat matematika merupakan bagian dari filsafat ilmu yang pada dasarnya lahir dari aliran filsafat para filsuf itu sendiri. Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Aliran-aliran filsafat yang dikemukan para filsuf berkaitan dengan filsafat ilmu dan filsafat matematika. Filsafat dan matematika tumbuh bersama dalam asuhan seorang filsuf Yunani yakni Pythagoras yang mengemukakan bahwa segenap gejala alam merupakan pengungkapan inderawi dari perbandingan-perbandingan matematis. Ia juga menyimpulkan bahwa bilangan merupakan intisari dan dasar pokok dari sifat-sifat benda. Selain Pythagoras, Plato juga mengemukaan bahwa geometri sebagai pengetahuan ilmiah yang berdasarkan akal murni menjadi kunci ke arah pengetahuan dan kebenaran kebenaran filsafat. Menurut Plato, geometri merupakan suatu ilmu dengan akal murni yang membuktikan proporsi-proporsi abstrak mengenai hal-hal abstrak seperi garis lurus, segitiga atau lingkaran.

    ReplyDelete
  9. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Aliran filsafat, filsafat ilmu, dan filsafat matematika. Ketiganya memiliki kaitan yang tidak dapat dipisahkan. Filsafat adalah ilmu yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran atau rasio. Filsafat ilmu adalah filsafat yang mempelajari tentang keilmuan. Aliran filsafat ilmu mengaopdi dari aliran-aliran filsafat yang semakin berkembang dan memiliki kesesusian apabila diterapkan pada bidang keilmuan. Begitu pula dengan filsafat matematika. Sehingga aliran filsafat ilmu dan filsafat metematika berlandaskan pada aliran filsafat.

    ReplyDelete
  10. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Jika kita melihat gambar diatas, bahwa antara aliran filsafat, filsafat ilmu, dan filsafat matematika saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Perbedaan antara suatu aliran dalam filsafat bukan lagi sebagai pembeda, melainkan sebagai penyokong aliran-aliran yang lainnya dan bisa merupakan sebuah pembentuk aliran baru dalam filsafat. Begitupun dalam filsafat matematika terbentuk dari berbagai macam aliran filsafat seperti empiricism, analyticism, constructivism dan sebagainya.

    ReplyDelete
  11. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A

    Aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika memiliki hubungan yang saling berkaitan. Filsafat memiliki berbagai macam aliran yang sesuai dengan pandangan para filsuf masing-masing. Aliran filsafat yang ada juga memiliki peran dalam filsafat matematika. Aliran filsafat ini berkembang sesuai dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  12. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Aliran logisisme dipelopori oleh Russell. Menurutnya, matematika murni terdiri dari deduksi dengan prinsip logika, dengan demikian matematika dan logika saling berkaitan karena seluruh konsep dan dalil matematika dapat diturunkan dari logika. Selanjutnya terdapat aliran formalism yang dicetuskan oleh Hilbert. Menurut aliran ini, matematika merupakan sebagai sistem lambing yang formal, berhubungan dengan sifat-sifat structural dari simbol-simbol. Simbol-simbol dianggap mewakili objek matematika. Kaitannya dengan logika, logika merupakan alat yang digunakan untuk meletakkan struktur yang sederhana

    ReplyDelete
  13. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Plato dan Aristoteles mempunyai ikatan yaitu guru dan murid, namun cara pandangnya berbeda. Plato lebih menekankan pada ide, sedangka Aristoteles pad alogika. Interpretasi terhadap matematika menurut Aristoteles terdapat 2 interpretasi. Interpreatsi pertama yaitu matematika membahas objek-objek matematis secara serius. Kemampuan abstraksi suatu objek dimana objek-objek diciptakan atau diperoleh atau dipahami dengan merenungkan objek fisiknya. Interpretasi yang kedua adalah matematika meninggalkan abstraksi ontologis, dengan kata lain mempertahankan realism dalam menilai kebenaran.

    ReplyDelete
  14. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Dari gamabaran hubungan aliran-aliran filsafat di atas dapat disimpulkan beberapa hal. Constructivist adalah matematika yang mengutamakan unsut-unsur mengkonstruksikan ilmu. Platonist adalah aliran yang menganggap bahwa matematika ada dalam diri manusia, yang dilakukan adalah melakukan aktivitas untuk menutup matematika yang sudah ada disana tanpa menciptakannya. Aliran yang menolak kedua aliran tersebut adalah formalist, menurut aliran ini matematika adalah aturan yang menganggu tansformasi suatu formula ke formula lain.

    ReplyDelete
  15. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    "Konstruktivisme"
    Sangatlah cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas karena akan membantu siswa membangun sendiri bagaiman ilmu itu ada pada pikiran siswa. Pembelajaran tidak akan hanya sebatas transfer ilmu, namun guru mampu menjadikan dirinya sebagai fasilitator untuk memfasilitasi siswa mencapai kemampuan optimalnya.

    ReplyDelete
  16. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Sedikit yang dapat saya pahami dari skema diatas, yaitu bahwa dalam matematika tia ahli memiliki dan mempertahankan teori-teori mereka sendiri dalam bidang matematika, dimana teori itu saling berhubungan satu sama lain untuk menghasilkan konsep matematika yang absolut. Jadi dalam matematika, antara bidang ilmu satu dengan yang lainnya tidak dapat dipisahkan karena mereka saling membutuhkan dan saling berkaitan erat.

    ReplyDelete
  17. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Filsafat merupakan olah piker. Mempelajari filsafat berarti mempelajari pikiran para filsuf. Pemikiran antar satu orang dengan orang lain tentu berbeda, demikian juga dengan pikiran para filsuf. Oleh karena itu, lahirlah berbagai aliran filsafat. Aliran-aliran tersebut memandang sesuatu berdasarkan atau dengan orientasi yang berbeda-beda. Sementara filsafat ilmu dan filsafat matematika juga merupakan bagian dari filsafat. Para filsuf juga memiliki pandangan yang berbeda-beda terkait ilmu pengetahuan, termasuk dalam bidang matematika. Perbedaan pandangan para filsuf ini seyogyanya menjadikan kita semankin bersemangat dalam mempelajarinya agar semakin menambah wawasan dan pemahaman. Terima kasih.

    ReplyDelete
  18. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Di dalam gambar tersebut terdapat para filsuf yang mempengaruhi matematika beserta aliran dan pendapatnya secara umum. Terlihat bahwa di bagian kiri terdapat Thales, Plato, Descartes, Frege, da Russel yang memandang pengetahuan berasal dari dalam pikiran seperti matematika murni yang bersifat rasional, berdasarkan logika dan bersifat formal. Di bagian kanan terdapat Aristoteles, Leibniz, Hume, dan Witgeenstein yang memandang pengetahuan sebagai sesuatu yang berasal dari luar pikiran seperti pengalaman dan lain-lain. Sementara Kant berada ditengah-tengah memadukan keduanya bahwa pengetahuan berasal dari pikiran dan juga pengalaman. Dari masing-masing aliran tersebut terdapat garis-garis yang menghubungkan antara satu aliran dengan aliran yang lainnya. Berbagai aliran filsafat tersebut telah banyak memberikan pengaruh terhadap matematika

    ReplyDelete
  19. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Sungai mempunyai aliran ke beberapa tujuan akhir di manaa air berada. Begitu dengan aliran ilmu yang saling bercabang dan akar terakhir masih bercabang dengan ilmu lainnya. Aliran filsafat mempunyai aliran menuju filsafat satu dengan lainnya yang mempunyai dasar ilmu yang sama yaitu berdasarkan olah pikir manusia. Aliran filsafat akan mengikuti olah pikir manusia yang berilmu tentang dirinya sendiri yaitu berilmu filsafat yang pada akhirnya menghubungkannya dengan ilmu lain yaitu matematika. Pada filsafat matematika dituntut tidak hanya olah pikir manusia yang dipahami tetapi lebih megerucut pada perhitungan, operasi bilangan, dan segala cabang ilmu dalam filsafat. Memaknai setiap operasi pada bilangan dikaitkan dengan filsafat dan kehidupan manusia agar menjadi nasehat agar selalu memaknai apapun dengan dihubungkan dengan ilmu filsafat agar lebih menyadari diri sendiri atau peka. Dengan begitu filsafat akan merambah pada ilmu lain speerti sejarah, sains, ekonomi, dll.

    ReplyDelete
  20. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dari kacamata saya, Aliran filsafat, filsafat ilmu, dan filsafat matematika identic hubungannya seperti pengukuran, asesmen, dan evaluasi, merupakan tiga hal yang saling berhubungan dan saling berkaitan satu dengan lainnya. Karena jika filsafat dikembangkan lagi, maka lahirlah filsafat ilmu. Kemudian filsafat ilmu dikembangkan lagi, muncullah filsafat matematika. Jadi filsafat matematika merupakan bagian dari filsafat ilmu dan filsafat ilmu merupakan bagian dari filsafat.

    ReplyDelete