Nov 5, 2014

Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika




Berikut saya sampaikan hasil sintesis saya perihal hubunan antara aliran-aliran filsafat.

      Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika (Diagram dibuat oleh Marsigit)

34 comments:

  1. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Menurut saya aliran kontruktivisme baik untuk anak sekolah, sebaliknya, aliran formal sebaiknya diajarkan pada siswa di tingkat tinggi, dan. Pada dasarnya di usia sekolah anak sedang akan membangun matematikanya, sehingga mereka harus memahami tanpa rasa terpaksa ataupun ketakutan seperti ketika diterapkan pembelajaran formal. Pembelajan matematika untuk anak sekolah harus bisa membuat senang dan tidak terbebani terlalu berat.

    ReplyDelete
  2. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Secara sekilas, peta struktur diatas memang terlihat sangat rumit, karena referensu yang kit abaca belum banyak. Akan tetapi, saya menagkap informasi adanya dua aliran matematika yaitu formal dan kostruktivisme dengan ahlinya masing-masing.

    ReplyDelete
  3. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan peta Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika, Adanya Constructivism merupakan matematika yang mengutamakan unsut-unsur mengkonstruksikan ilmu. Sedangkan Platonism merupakan aliran yang menganggap bahwa matematika ada dalam diri manusia sendiri.

    ReplyDelete
  4. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Filsafat dan matematika mempunyai hubunga n erat. Dua cabang ilmu ini memiliki hubungan erat karena keduanya tumbuh bersama sebagai buah pemikiran seorang filsuf ternama yakni Pythagoras yang memandang bahwa segenap gejala alam merupakan pengungkapan inderawi dari perbandingan-perbandingan matematis. Dengan adanya filsafat ini yang mendasari pemikiran matematika.

    ReplyDelete
  5. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dalam sketsa tersebut dapat dilihat susuan dari filsafat ilmu matematika, yang awal mulanya berasal dari mysticism dan aritotelian yang kemudian saling berhubungan milai dari platonisme, rationalisme, logicism,euclidean, kantianisme, intuism, formalism, empirism, fallibism,analyticism sampai pada akhirnya tercipta absolutisme dan constructivism. Semua tersusun atas hasil olah pikir para filsuf-filsuf, semua merupakan bentuk dari hasil sintesis dan antitesis.

    ReplyDelete
  6. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Aliran-aliran filsafat yang dikemukan para filsuf berkaitan dengan filsafat ilmu dan filsafat matematika. Filsafat dan matematika tumbuh bersama dalam asuhan seorang filsuf Yunani yakni Pythagoras yang mengemukakan bahwa segenap gejala alam merupakan pengungkapan inderawi dari perbandingan-perbandingan matematis. Ia juga menyimpulkan bahwa bilangan merupakan intisari dan dasar pokok dari sifat-sifat benda. Selain Pythagoras, Plato juga mengemukaan bahwa geometri sebagai pengetahuan ilmiah yang berdasarkan akal murni menjadi kunci ke arah pengetahuan dan kebenaran kebenaran filsafat. Menurut Plato, geometri merupakan suatu ilmu dengan akal murni yang membuktikan proporsi-proporsi abstrak mengenai hal-hal abstrak seperi garis lurus, segitiga atau lingkaran.

    ReplyDelete
  7. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Banyak filsuf telah menggunakan matematika untuk membangun teori pengetahuan dan penalaran yang dihasilkan dengan memanfaatkan bukti-bukti matematika dianggap telah dapat menghasilkan suatu pencapaian yang memuaskan. Matematika telah menjadi sumber inspirasi yang utama bagi para filsuf untuk mengembangkan epistemologi dan metafisik. Menurut Hannes Leitgeb dalam “Mathematical Methods in Philosophy” menjelaskan bahwa dia telah menyelidiki penggunaan matematika di filsafat. Dia memberikan kesimpulan bahwa metode matematika mempunyai kedudukan penting di filsafat. Hannes Leitgeb telah menyelidiki aspek-aspek mana saja dalam matematika dan filsafat yang mempunyai derajat sama ketika melakukan penelaahan. Aspek-aspek tersebut yaitu kesamaan antara obyek, sifat-sifat obyek, logika, sistem-sistem, makna kalimat, hukum sebab-akibat, paradoks, teori permainan dan teori kemungkinan. Perlu kita ketahui bahwa para filsuf menggunakan logika sebab-akibat untuk untuk mengetahui implikasi dari konsep atau pemikirannya, selain itu menggunakan logika sebab-akibat untuk membuktikan kebenaran dari ungkapan-ungkapannya. Sehingga nampak jelas bahwa terdapat hubungan antara Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika.

    ReplyDelete
  8. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari tabel tersebut, aliran filsafat, filsafat ilmu, dan filsafat matematika masing-masing saling memiliki hubungan. Aliran-aliran filsafat yang sangat beragam jenis dapat dijadikan sumber ilmu untuk mempelajari ilmu filsafat. Sehingga melalui ilmu filsafat itu dapat terbentuk filsafat matematika yang menggambarkan aspek-aspek dalam matematika melalui kacamata filsafat.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Retnaningsih
    16701261006
    S3 PEP B 2016



    Menurut saya, aliran filsafat,filsafat ilmu dan filsafat matematika itu saling berhubungan satu sama lain. Para filosof tersebut mengkaji matematika dari cara berfikir masing-masing. dan kajian tersebut berlanjut sampai terciptanya pandangan baru Imanuel Kant yang berpandangan matematika merupakan perpaduan pengalaman inderawi yang didukung oleh pemahaman pikiran kita.Di situ bisa dilihat bahwa Pendidikan matematika mengacu pada masalah belajar dalam pendidikan matematika, pemikiran filsafat memiliki peran yang sangat penting.

    ReplyDelete
  10. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Terimakasih banyak Pak, dari bagan tersebut yang bisa saya tangkap adalah terdapat dua bagian aliran filsafat yang berpengaruh pada matematika dan saling terkait satu dengan lainnya, pada pihak pertama yaitu aliran absolutisme yaitu keyakinan bahwa hanya ada satu penjelasan obyektif yang tepat dan tidak berubah tentang realitas (wikipedia.org) dan di pihak yang lain ada fallibilisme yaitu klaim filosofis bahwa tidak ada kepercayaan yang bisa memiliki pembenaran yang menjamin kebenaran kepercayaan tersebut (wikipedia.org) dan konstruktivisme yaitu tindakan mencipta suatu makna dari apa yang dipelajari (wikipedia.org).

    Terimaksih banyak Pak.

    ReplyDelete
  11. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof
    Di dalam gambar tersebut terdapat para filsuf yang mempengaruhi matematika beserta aliran dan pendapatnya secara umum. Terlihat bahwa di bagian kiri terdapat Thales, Plato, Descartes, Frege, da Russel yang memandang pengetahuan berasal dari dalam pikiran seperti matematika murni yang bersifat rasional, berdasarkan logika dan bersifat formal. Di bagian kanan terdapat Aristoteles, Leibniz, Hume, dan Witgeenstein yang memandang pengetahuan sebagai sesuatu yang berasal dari luar pikiran seperti pengalaman dan lain-lain. Sementara Kant berada ditengah-tengah memadukan keduanya bahwa pengetahuan berasal dari pikiran dan juga pengalaman. Dari masing-masing aliran tersebut terdapat garis-garis yang menghubungkan antara satu aliran dengan aliran yang lainnya. Berbagai aliran filsafat tersebut telah banyak memberikan pengaruh terhadap matematika.

    ReplyDelete
  12. Junianto
    PM C
    17709251065
    Saya ingin memberikan pendapat mengenai pendapat dari Thales yang mengatakan bahwa matematika merupakan pemisahan dari ilmu sains atau disebut Mysticism. Menurut pandangan saya, matematika adalah dasar bagi ilmu lain. Dalam fisika, kimia, biologi, teknik, dll, semuanya membutuhkan matematika. Dan hampir di semua jurusan atau disiplin ilmu selalu di ajarkan matematika. Jadi, menurut pendapat sayal, hal ini juga menunjukkan bahwa matematika bukan pemisahan dari ilmu lain.

    ReplyDelete
  13. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dari peta struktur di atas memang terlihat rumit, namun dapat dilihat dari situ bahwa adanya aliran filsafat matematika yaitu Logisme, Intuisme, Formalisme dan Konstruktivisme. Menurut Betrand Russel, matematika berasal dari logika, semua kebenaran matematika dibuktikan secara logika semata. Inuisionisme seperti Brouwer berpendapat bahwa matematika suatu kreasi akal budi manusia. Hilbert (aliran formalism) menganggap sifat alami dari matematika sebagai sistem lambang, bersangkutan dengan simbol-simbol. Manurut Kant, paham konstruktivisme yaitu pengetahuan diperoleh dari proses aktif individu mengkonstruksi pemikirannya. Kemudian filsafat matematika tersebut memiliki hubungan dengan aliran filsafat, seperti Rasionalisme dan Empirisme. Pengetahuan berasal berdasarkan pemikiran rasional ataupun berasal dari pengalaman.

    ReplyDelete
  14. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Absolutisme mencoba meyakini bahwa kebenaran dalam matematika bersifat absolut, artinya tidak mungkin ada fakta berlawanan di dalamnya. Namun pada awal abad ke 20 paham ini mulai goyah akibat munculnya kontradiksi dari beberapa pernyataan dalam himpunan. Paham-paham lain yang mencoba memperkuat keabsolutan kebenaran matematika yaitu logisisme dan formalisme ternyata juga mengalami kesulitan dalam menjelaskan hal-hal secara mendalam. Konstruktivisme hadir dengan tujuan merekonstruksi pengetahuan matematika dalam rangka untuk menjaga dari kehilangan makna dan kontradiksi, sehingga matematika perlu dijelaskan secara konstruktif melalui metode dan penalaran. Konstruktivisme merangkul kepercayaan terhadap ilmu matematika karena mencoba menemukan penjabaran dari kebenaran-kebanaran dalam matematika, sehingga keberadaannya diakui sebagai paham matematika modern.

    ReplyDelete
  15. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pada tabel yang disajikan oleh bapak, menandakan bahwa antara aliran filsafat, filsafat ilmu, dan filsafat matematika berhubungan satu sama lain. jadi antara ketiga aspek tersebut tidak saling kontradiksi maupun berpisah satu sama lain. Hubungan ketiga aspek tersebut menandakan bahwa perbedaan pandangan juga tidak mengakibatkan perbenturan antara satu dengan yang lainnya, namun antara satu dengan yang lainnya saling mendukung agar membuat pengetahuan itu sempurna. Karena pada dasarnya perbedaanlah yang membuat pengetahuan itu menjadi utuh.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  16. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kalau di liat pada bagan di atas menyatakan bahwa aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Setiap aliran atau kajian didukung oleh teori-teori yang memperkuat pernyataan dari setiap pandangan filsafatnya. Meskipun ada perbedaan konsep namun antara pandangan yang satu dan yang lain tetap saling mendukung untuk manjadi suatu aliran yang dapat dijadikan rujukan atau pedoman dalam mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya dibidang matematika.

    ReplyDelete
  17. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Jika dilihat dari peta,beberapa ahli yang menggagas aliran filsafat seperti Thales , Plato,Descartes,Frage,Roussell, Pythagoras,Euclides,dan Aristoteles.Dari peta tersebut ditunjukkan dengan adanya bagan berupa kotak dan anak panah yang saling bersinggungan dan berlawanan menunjukkan bahwa berbagai aliran filsafat tersebut memberikan gambaran bahwa memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya.Wassalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
  18. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Jika kita melihat peta struktur diatas, memang terlihat sangat rumit, namun dari situ saya dapat menangkap adanya dua aliran matematika yaitu formal dan kostruktivisme dengan ahlinya masing-masing. Menurut saya aliran formal sebaiknya diajarkan pada siswa dengan kemampuan tingkat tinggi, dan sebaliknya aliran kontruktivisme baik untuk anak sekolah. Karena pada dasarnya di usia sekolah anak sedang akan membangun matematikanya, sehingga mereka harus memahami tanpa rasa terpaksa ataupun ketakutan seperti ketika diterapkan pembelajaran formal.

    ReplyDelete
  19. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Untuk memahami peta konsep yang telah bapak gambarkan diatas bukanlah hal yang mudah. Namun saya mencoba untuk mengambil kesimpulan bahwa setiap ilmu pengetahuan saling berkaitan satu sama lain, dalam artian satu pengetahuan mendasari pengetahuan yang lain. Matematika memiliki pengaruh besar dalam pengembangan ilmu-ilmu yang lain. Berkaitan dengan filsafat banyak ahli-ahli matematika yang berpendapat bahwa metode matematika adalah filsafat. Dalam artian matematika didasari oleh cara berfikir, logic dan filsafatpun didasari oleh pemikiran. Sehingga filsafat dan matematika merupakan suatu kesatuan yang erat.

    Demikian, terimakasdih.

    ReplyDelete
  20. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Assalamualaikum wr.wb.
    Terimakasih banyak prof. Marsigit atas postingan di atas. Saya sangat beruntung belajar filsafat ilmu ini, karena meskipun saya sarjana pendidikan matematika namun baru kali ini saya melihat secara gamblang tentang hubungan umum aliran filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika. Sungguh rumit dan banyak kosakata dan istilah yang mungkin tidak familier namun saya tidak mengerti maknanya. Kembali lagi, saya adalah icon yang memiliki banyak potensi. Kali ini potensi untuk menjadi tidak paham atas bagan di atas, mungkin sedang berkuasa. Pengetahuan baru di atas, menjadi bukti bahwa filsafat sangat erat kaitannya dengan matematika. Tokoh dan para ahli matematika ternyata menggunakan aliran-aliran filsafat dan pikiran para filsuf untuk menguji dan menjalankan teori serta konsep pembelajaran matematika sehingga jika di generalisasikan menjadi filsafat matematika. Semoga dengan membaca postingan ini berulang kali, saya dapat memahaminya dengan benar dan tepat dan kemudian terus diingat untuk memperkaya wawasan saya terhadap filsafat. Amin.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete


  21. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika
    Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Dari gambaran hubungan aliran-aliran filsafat di atas dapat disimpulkan beberapa hal.
    Constructivist adalah matematika yang mengutamakan unsut-unsur mengkonstruksikan ilmu. Platonist adalah aliran yang menganggap bahwa matematika ada dalam diri manusia, yang dilakukan adalah melakukan aktivitas untuk menutup matematika yang sudah ada disana tanpa menciptakannya.
    Aliran yang menolak kedua aliran tersebut adalah formalist, menurut aliran ini matematika adalah aturan yang menganggu tansformasi suatu formula ke formula lain

    ReplyDelete
  22. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dari bagan di atas, saya mendapatkan pengetahuan mengenai hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika. Hubungannya dapat dilihat dengan jelas bahwa aliran-aliran filsafat itu diawali dengan paham platonism dan eulidean, dan berakhir pada paham abslute dan kontrutivisme. Paham absolute itu kalau kata materi di kelas pak marsigit de kelas adalah paham yang tidak memiliki kontradiksi, sehingga tetap benar adanya. Paham absolute ini tujuannya satu (paham monoisme) yang berakhir pada ketentuan Tuhan. Sedangkan paham kontruktivisme sering digunakan pada matematika murni yang menyatakan identitas, A=A. Paham ini juga tidak memiliki kontradiksi.

    ReplyDelete
  23. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Alhamdulillah dalam diagram tersebut, saya sudah mendapatkan ilmunya pada waktu perkuliahan. Sama persis dengan apa yang bapak buat di papan tulis waktu itu. Dari pembelajaran filsafat tersebut, kesimpulan yang saya ambil salah satunya adalah aliran filsafat, filsafat ilmu, dan filsafat matematika dari masa sebelum masehi hingga ke masa sekarang memiliki hubungan dengan keadaaan yang sedang terjadi pada waktu dan ruang para filsuf berada. Setiap masa, para filsuf ini memiliki pandangan yang berbeda menurut apa yang miliki (pengalaman dan pengetahuan) pada masa ia berada. Tetapi pada hakikatnya, sebagai manusia yang hidup pada masa modern, kita harus lebih memiliki pondasi yang kokoh yaitu ilmu Agama. Karena ada beberapa pendapat filsuf yang mengatakan bahwa agama itu bukanlah suatu hal yang harus dijadikan dasar kehdiupan. Astagfirullah.

    ReplyDelete
  24. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Antara Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu dan Filsafat Matematika, ketiganya saling berkaitan satu dengan yang lainnya, buktinya banyak tokoh filsafat yang juga menjadi tokoh besar Matematika seperti :Aristotles, Euclid, pythagoras, leibniz, dan lain-lain, pemikiran-pemikiran mereka tidak hanya digunakan dalam aliran filsafat ataupun filsafat ilmu, melainkan juga dibidang Matematika yang menjadi pandai dari perkembangan ilmu Matematika sampai saat ini. Pemikiran-pemikiran mereka tentang matematika masih digunakan sampai saat ini karena belum ada ilmuwan yang bisa membantah teori tersebut. Meskipun teorinya sudah berabad-abad yang lalu, kebenarannya masih relevan dan dapat diterima hingga saat ini.

    ReplyDelete
  25. indah purnama sari
    17701251035
    PEP B 2017

    pertama-tama saya ucapkan terimakasih kepada prof Marsigit yang ditengah-tengah kesibukan sudah menyempatkan waktu untuk membuat diagram filsafat guna untuk membantu meningkatkan nation kami sebagai mahasiswa Prof sendiri.
    yang kedua saya pribadi sebagai orang yang sangat audio meminta maaf beribu-ribu maaf sebab tidak menangkapkan penjelasan yang sesuai dengan diagram filsafat tersebut. yang saya pahami hanyalah filsafat dikembangkan oleh para filsuf dari zaman ke zaman dengan berbagai konteks ilmu dan salah satu nya matematika. :( maafkan saya sekali lagi prof akan kurang nya menangkap ilmu yang sangat hebat dari prof ini kepada Allah saya mohon ampun..

    ReplyDelete
  26. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Saya akan mencoba menuliskan pendapat saya tentang diagram tersebut. Menurut saya diagram di atas terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian kiri, tengah dan kanan. Bagian kiri merupakan pendapat bahwa matematika sebagai obyek pikir sehingga akan bersifat mistis, rasional, logis dengan tokoh plato. Kemudian bagian kanan atas berpendapat bahwa matematika itu tergantung dengan ruang dan waktu sehingga terjadi dikenyataan dengan tokoh aristoteles sehingga bersifat empiris. Kemudian keduanya bertemu di bagian tengah sehingga memunculkan berpikir kritis, skeptis, epistemologi dan lain-lain dengan tokoh euclid. Dari gabungan ketiganya akan muncul intuisi matematika dan dianalis sebagai matematika formal namun tetap dihubungkan dengan kenyataan sehingga muncullah matematika yang absolut yaitu yang ada dipikiran dan matematika yang masih dapat dikembangkan sesuai dengan kenyataan (konstruktivisme).

    ReplyDelete
  27. Junianto
    17709251065
    PM C

    Sebagaimana kita ketahui bahwa filsafat adalah sumber ilmu lainnya. Dari filsafat kemudian diturunkan lagi menjadi matematika, dst. Matematika juga merupakan dasar dari disiplin ilmu lainnya. Hal ini juga menunjukkan bahwa matematika bukan pemisahan dari ilmu lain. Hal ini menurut saya sedikit bertentangan dengan pendapat dari Thales yang mengatakan bahwa matematika merupakan pemisahan dari ilmu sains atau disebut Mysticism. Jadi, filsafat, matematika, dan disiplin ilmu yang lain memiliki hubungan yang saling berkaitan.

    ReplyDelete
  28. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Constructivist adalah matematika yang mengutamakan unsut-unsur mengkonstruksikan ilmu. Platonist adalah aliran yang menganggap bahwa matematika ada dalam diri manusia, yang dilakukan adalah melakukan aktivitas untuk menutup matematika yang sudah ada disana tanpa menciptakannya.

    ReplyDelete
  29. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Absolutism dan constructivism saling berhunganan. Sesuatu yang bersifat absolut adalah milik Tuhan. constructivism aliran yang menciptakan makna dari apa yang dipelajari. Setiap materi dalam Matematika memiliki makna dan makna yang harus dipahami oleh siswa. Oleh karena itu, konstruktivisme cocok untuk Matematika dan diterapkan di Satuan Pendidikan agar siswa mudah memahami Matematika dan angapan sulit itu akan sedikit hilang.

    ReplyDelete
  30. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Aliran-aliran filsafat ada yang bertentangan dan berhubungan. Contoh yang bertentangan adalah aliran filsafat empirisme dengan tokoh david hume dengan aliran filsafat rasionalisme dengan tokoh rene dscartes. Mereka berbeda pendapat mengenai dasar dari sebuah ilmu. Rene descartes berpendapat bahwa sebenar-benar ilmu berdasarkan rasio atau pikiran. Sedangkan david hume berpendapat bahwa sebenar-benar ilmu didasarkan pada pengalaman. Masing-masing mempunyai alasan argumen yang masing-masing kuat.

    ReplyDelete
  31. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Konstruktivisme merupakan membangun pemahaman, dari yang sifatnya formal menuju ke abstrak. Filsafat ilmu dan filsafat matematika keduanya saling berkaitan. Akar dari filsafat matematika adalah filsafat ilmu. Filsafat ilmu lahir dari aliran filsafat.

    ReplyDelete
  32. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Aliran filsafat itu sangat banyak, dan aliran tersebut sesuai dengan tokoh yang mengeluarkan pendapatnya. Banyak para tokoh aliran filsafat tersebut mengaitkan ilmu filsafat dengan matematika. Pada dasarnya filsafat ilmu adalah dasar dari segala ilmu, akan tetapi matematika adalah ilmu yang pasti atau absolute nilai kebenarannya.

    ReplyDelete
  33. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Adanya tokoh Pyhtagoras membuktikan bahwa filsafat dan matematika memiliki hubungan yang erat. Ia memandang bahwa segenap gejala alam merupakan hasil pengungkapan inderawi juga perbandingan-perbandingan matematis. Peran filsafat matematika adalah untuk memberikan landasan yang sistematis dan absolut untuk pengetahuan matematika, yaitu dalam nilai kebenaran matematika. Dan asumsi ini merupakan dasar dari aliran filsafat. Oleh karenanya aliran filsafat, filsafat ilmu, dan filsafat matematika memiliki keterkaitan satu sama lain.

    ReplyDelete
  34. Kartika Pramudita
    17701251021
    S2 PEP B

    Pada gambar tersebut sebelah kiri merupakan tokoh dan aliran filsafat logika. Tokoh-tokoh dari filsafat ini adalah Thales, Plato, Descartes, Frege, Russel. Sedangkan di sebelah kanan merupakan tokoh dan aliran filsafat empiris. Tokoh-tokoh dari filsafat ini adalah Aristoteles, Leibniz, Lakatos, Wittgenstein. Selanjutnya untuk memperoleh ilmu maka Immanuel Kant menggabungkan keduanya yaitu sintetik (berasal dari empiris) dan a priori (berasal dari rasionalis). Karena menurut Imanuel Kant sebenar-benar ilmu adalah sintetik a priori. Selanjutnya dari filsafal ilmu diturunkan menjadi filsafat matematika.

    ReplyDelete