Nov 5, 2014

Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika




Berikut saya sampaikan hasil sintesis saya perihal hubunan antara aliran-aliran filsafat.

      Hubungan Antar Aliran Filsafat, Filsafat Ilmu Dan Filsafat Matematika (Diagram dibuat oleh Marsigit)

5 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Menurut Saya, dari ketiga hal tersebut saling terkait. Dilihat dari filsafat itu sendiri merupakan suatu ilmu yang menunjukan algoritma yang sesuai dengan nalar dan logika. Berdasarkan pegalaman dan analogi yang telah terjadi dapat mengkontruk tujuan yang sesuai. Sedangkan filsafat ilmu merupakan cabang dari filsafat yang tujuannya untuk memberi wahyu atau pengetahuan guna tercapainya suatu tujuan. Sedangkan Filsafat matematika merupakan cabang lagi dari filsafat dan filsafat ilmu yang pada hal ini fokus pada ilmu maatematika. Bagaimana kita mampu menyelesaikan masalah matematika dengan algoritma atau sintaks yang sistematis.

    ReplyDelete
  2. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kita tahu bahwa dalam filsafat matematika itu ada absolut dan fabilist yanag mana paham absolut mengatakan bahwa matematika itu benar sedangkan paham fabilis mengatakan bahwa matematika itu bisa saja salah. Sehingg adlaam mencapai kedua paham tersebut platonism dan rationalsm mengahsilkan logicism, dari logicism kantianism, intuitsm, dan formalsm, sehingga mencapai suatu paham absolutsm, akan tetapi untuk mencapai suatu paham fallibilsm amka dari empiricism menjadi kantianism dan manuju ke fallibsm menuju ke analyticism dan menghasilkan suatau pehaman yang kontruksm tentan fallibilist. Sehingga absolut dan fallibilis adalah hubugan sebab akibat kakau dalam logika matamtika ada hubungan biimplikasi yangmaka jika dan hanya jika akan berlaku jika keduanya saling ada.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Para filsuf telah memberikan teorinya masing-masing. Di antara berbagai aliran tersebut ada yang memiliki hubungan satu sama lain. Seperti aliran absolutisme dan aliran falibilisme. Aliran falibilis muncul karena aliran absolutisme. Keduanya memiliki hubungan dimana aliran falibilis menambahi dan melengkapi teorinya absolutisme.

    ReplyDelete
  4. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Peta struktur diatas memang terlihat sangat rumit, namun dari situ saya dapat menangkap adanya dua aliran matematika yaitu formal dan kostruktivisme dengan ahlinya masing-masing. Menurut saya aliran formal sebaiknya diajarkan pada siswa di tingkat tinggi, dan sebaliknya aliran kontruktivisme baik untuk anak sekolah. Karena pada dasarnya di usia sekolah anak sedang akan membangun matematikanya, sehingga mereka harus memahami tanpa rasa terpaksa ataupun ketakutan seperti ketika diterapkan pembelajaran formal.

    ReplyDelete
  5. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Antara filsafat, filsafat ilmu dan filsafat matematika sangat berkaitan. Menurut saya hubungannya merupakan himpunan bagian dimana tingkatan paling sempit adalah filsafat matematika sampai ke yang paling luas yaitu filsafat sendiri. Jika filsafat adalah suatu ilmu yang menunjukan algoritma yang sesuai dengan nalar dan logika. Sedangkan filsafat ilmu berupa pikiran-pikiran para Filsuf tentang filsafat yang bisa diadopsi dan dikembangkan atau dikolaborasikan. Filsafat matematika lebih mengkhususkan pada matematika, seperti tentang koherensi menurut Pythagoras, konstruktivisme dalam pembentukan konsep dan lain sebagainya.

    ReplyDelete