Nov 6, 2014

Tanya Jawab Filsafat




Dialog berikut merupakan kegiatan Tanya Jawab Filsafat dimana para Mahasiswa membuat pertanyaan dan saya (Marsigit) berusaha menjawabnya, pada perkuliahan Filsafat Ilmu program S2 Pendidikan Matematika (PM A) Hari Kamis, 30 Oktober 2014 pk 07.30 sd 09.10 di R. 306 B Gedung PPs Lama Universitas Negeri Yogyakarta.



1. Furintasari bertanya:
Bagaimana menyeimbangkan antara adat dan Agama

2. Ainun Fitriani:
Bagaimana menerapkan Filsafat secara bijaksana?

3. Fitratul Wulan Fatmasuci:
Bagaimana kiat-kiat seseorang agar hari-harinya penuh dengan semangat dan manfaat?

4. Samsul Feri Apriyadi:
Bagaimana Filsafat memandang kehidupan yang penuh ketidakpastian?

5. Maryana:
Bagaimana memahami karakteristik siswa dalam pbm matematika menurut sudut pandang Filsafat?

6. Aris Kartikasari:
Bagaimana menanggulangi pengaruh kehidupan kontemporer yang negatif, menurut sudut pandang Filsafat?

7.

39 comments:

  1. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Saya tertarik dengan pertanyaan dari Furintasari yaitu “Bagaimana menyeimbangkan antara adat dan Agama?”, menurut saya untuk menyeimbangkan antara adat dan agama tetap bisa dilakukan dalam dunia modern ini. Menurut saya jika adat itu adalah sesuatu yang sudah turun temurun dilakukan dan merupakan kebiasaan yang susah untuk dihilangkan, selain itu adat juga termasuk dalam kebudayaan yang memang layak untuk dilestarikan. Semua adat dapat dilakukan dengan tetap pada koridor agama yang dianut masing-masing dalam agama, bukan karena kita percaya akan takhayul atau sebagainya. Misalnya saja dalam agama saya Katolik, dalam agama saya tidak ada peringatan kematian 7 hari, 40 hari, 100 hari, 1 tahun, 2 tahun bahkan 1000 hari. Namun karena memang adat itu ada dalam masyarakat yang memiliki tujuan baik, yaitu untuk memperingati kematian seseorang yang kita sayangi, maka dalam agama Katolik tetap melakukan peringatan itu namun dengan mendoakan menggunakan doa-doa dalam Katolik.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Pertanyaan Samsul Feri Apriyadi yaitu, “Bagaimana Filsafat memandang kehidupan yang penuh ketidakpastian?”

    Memang dalam kehidupan ini hanyalah Tuhan yang mengerti akan semua, yang mengerti akan rahasia dalam kehidupan ini. Kita sebagai manusia hanya bisa merencakan, namun semua tetap kembali pada Tuhan, hal tersebut bisa terjadi atau tidak. Menurut saya, sebagai manusia kita tetap harus berjuang, berusaha, dan tetap berdoa dalam menghadapi kehidupan yang penuh kitidakpastian ini. Sama layaknya sebuah kegagalan, kegagalan yang menghampiri bukan merupakan sesuatu yang buruk, namun merupakan pelajaran yang bisa membuat kita bangkit dari kegagalan itu dan mempelajari apa yang tidak tepat dalam perjuangan kita itu sehingga kegagalan yang datang menghampiri. Sehingga jika kegagalan datang menghampiri tidak sebaiknya kita terpuruk, namun cepatah bangkit dan mulailah berusaha, berusaha, dan berdoa.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Bagaimana menerapkan Filsafat secara bijaksana?
    Menerapkan filsafat secara bijaksana adalah bertindak sesuai dengan ruang dan waktunya. Kita dapat menjadi orang yang bijaksana jika dapat memahami konsep ruang dan waktu, begitu pula dalam menerapkan filsafat akan lebih bijaksana jika disesuaikan dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  4. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Bagaimana filsafat memandang kehidupan yang penuh ketidakpastian?
    Kehidupan memang penuh dengan ketidakpastian. Sebagai manusia kita hanya dapat berusaha dengan sebaik-baiknya, konsisten dan giat, berdoa, ikhlas dan bersyukur apapun hasilnya, karena pada akhirnya yang menentukan bagaimana hasilnya adalah Allah SWT. Oleh karena itu, jika kegagalan yang kita alami. Janganlah menyerah, jadikan itu sebagai pengalaman dan cambuk untuk mulai berusaha lagi dan mendapatkan kesuksesan.

    ReplyDelete
  5. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Ketidakpastian seperti memang tidak pernah dapat diduga, tak terkirakan. dan kalau sudah begini, memang percaya tidak percaya, apa saja bisa berubah di luar bayangan sebelumnya. Kehidupan itu bisa berubah dari waktu kewaktu & dari hari kehari, yang semua ini kita tidak pernah tahu kapan. Karena manusia tidak dapat memahami bagian-bagian temporal dalam hidupnya secara keseluruhan. Dari apa yang terjadi hari ini kita tidak bisa memahami kehidupan kita di kemudian hari.

    ReplyDelete
  6. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam menyeimbangkan antara adat dan agama. Mungkin sedikit susuah-susah gampang, karena kita tahu bahwa adat sangat kental dengan warisan para leluhur, misalnya masih aja yang menggunakan sesajen. Keren memang dulu isalam masuk ke indonesia dnegan cara mengikuti tradisi adat, yang mana itu di paraktika oleh sunana kalijaga sampai sekrang yaitu berwayang. Sunan kali jaga menyebarkan agama islama di pukau jawa melalui adat. Yang mana kebiasaan adata yang memang zaman dahulu itu pake ritual di ganti menjadi baca-baca alquran, atau shalwata kepada nama, sehingga dalam menyeimbangkan anata adat dan agama dengan melalui pendekatan langsung kepada masayarakat.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Untuk pertanyaan bagaimana menggunakan filsafat secara bijaksana. Bijaksana adalah bersikap dengan tepat. Orang bijaksana mampu memutuskan hal yang tepat sesuai dengan keadaan saat tertentu. Sikap yang mampu memandang hidup itu adalah linier itu juga bijaksana. Ada orang yang selalu bergerak maju dan berkembang. Sifat ini mencerminkan sifat bijaksana. Contoh bijaksana lainnya yaitu sifat orang yang tetap melanjutkan kuliah walaupun umurnya sudah cukup tua. Namun berbeda dengan orang Timur, ketika mereka tetap melanjutkan kuliah pada umur yang cukup tua maka mereka akan merasa malu dengan anak cucu karena berpikiran tentang apa yang akan diberikan atau diwariskan kepada anak cucunya.

    ReplyDelete
  8. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Secara filsafat, pertanyaan kelima dari saudara Maryana menjadi sangat penting dalam proses pembelajaran dalam memahami karakteristik siswa. Guru perlu memahami bahwa setiap yang ada dan mungkin ada tidaklah ada yang sama, termasuk karakteristik siswa. Everyone has their own characteristic and abilities, baik itu nasib, cara berpikir, karya, penampilan, aktivitas, berpakaian, bahkan perasaannya. Oleh karena nya, perlakuan yang diberikan juga sepatutnya berbeda sesuai dengan kebutuhan siswa. Secara filsafat, proses pengada yang mengada juga berlaku dalam pembelajaran, tetapi tidaklah tepat jika guru sebagai subyek dan siswa menjadi obyek nya, yaitu guru menguasai siswa.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Bagaimana menyeimbangkan antara adat dan Agama?
    Adat ialah warisan dari leluhur berupa tradisi atau kegiatan rutin tertentu yang dilaksanakan secara turun temurun. Namun agama adalah ketetapan absolut berikut dengan segala firman-firmanNya yang wajib ditaati. Jadi menurut saya pribadi adat yang diikuti menyesuaikan dengan agama. Jika adat tersebut ada di dalam firmanNya dan sabda Rasul serta kebiasaan – kebiasaan para khalifah maka akan bernilai ibadah apabila dijalankan dengan niat beribadah untuk Allah. Namun jika tidak ada maka sebaiknya ditinggalkan, dikhawatirkan akan muncul sifat syirik di dalam hati. Kita hanya boleh percaya pada kekuatan Allah, tidak yang lain, zat apa pun itu.

    ReplyDelete
  10. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Bagaimana kiat-kiat seseorang agar hari-harinya penuh dengan semangat dan manfaat?
    Jadilah manusi yang setiap harinya terdapat perubahan, yaitu perbahan ke arah yang lebih baik. Untuk menjadikan diri ini seperti itu maka diperlukan target jangka pendek. Hari esok saya harus ngapain? Hari esok saya berbuat apa? Hari esok saya harus berbuat baik kapa? Dengan tujuan – tujuan tersebut saya merasa kita menjadi termotivasi untuk melakukannya. Sehingga secara tidak langsung akan berdampak positif untuk orang lain disekeliling kita.

    ReplyDelete
  11. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Bagaimana memahami karakteristik siswa dalam pbm matematika menurut sudut pandang Filsafat?
    Memahami karakter siswa tidak sulit bagi seorang guru. Karena insitas ketemu yang berlanjut di setiap minggunya. Di dalam filsafat kita melihat berbagai macam aliran pikiran. Dari berbagai macam aliran tersebut ada yang terlabeli oleh siswa. Misalkan siswa A hanya dapat menguasai materi jika belajar secara empiris. Namun siswa B dengan rasional dapat menguasai materi tersebut.

    ReplyDelete
  12. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Saya mencoba mengulik pembahasan mengenai Bagaimana menyeimbangkan antara adat dan Agama. Adat tidak dapat terlepas dari kebudayaan yang dimiliki oleh setiap orang, namun pada dasarnya adat yang ada itu berlandaskan agama. Semua macam adat bermunculan dengan pendekatan agama didalamnya, namun sekarang ini banyak adat yang menyimpang dari agama dengan dalih kebudayaan. Namun jika kita bongkar dasarnya maka spritual lah yang menjadikan adat tersebut berkembang. Namun bagaimana menyeimbangkannya? Pertanyaan tersebut dapat kita jawab dengan seberapa keimanan kita, ketika keimanan kita jadikan pondasi kita dalam menyelenggarakan adat, insya allah adat tidak akan menjadi mitos untuk hidup kita.

    ReplyDelete
  13. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Fitratul Wulan Fatmasuci:
    Bagaimana kiat-kiat seseorang agar hari-harinya penuh dengan semangat dan manfaat?

    Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan agar selalu bersemangat setiap harinya, dan setiap orang punya caranya masing- masing. Tetapi secara garis besar yang dapat dilakukan yaitu “kejar target”. Artinya yaitu kita harus bisa merubah fokus kita ketika kita mulai tidak bersemangat. Seperti contoh mengubah dari hal yang menjadikan kita terpuruk menjadi semangat yang berapi- api. Dan untuk bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, mulailah untuk selalu melakukan hal yang positif. Insha Allah.

    ReplyDelete
  14. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Bagaimana kiat-kiat seseorang agar hari-harinya penuh dengan semangat dan manfaat?
    Bersemangatlah dalam Perkara yang Bermanfaat Bagimu Inilah wasiat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada umatnya. Wasiat beliau ini adalah perintah untuk bersemangat dalam melakukan hal-hal yang bermanfaat. Lawan dari hal ini adalah melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan bahaya (dhoror), juga melakukan hal-hal yang tidak mendatangkan manfaat atau pun bahaya.
    Diantara kiat-kiat yang dapat menimbulkan semangat adalah:
    (1) Niatkan kegiatan yang akan kita lakukan ikhlas dan untuk akhirat. Sehingga kita merasa diawasi, dijaga, dan diberikan keberkahan oleh Allah SWT
    (2) Prioritaskan hal yang memiliki manfaat dan nilai ibadah yang lebih besar
    (3) Meminta pertolongan Allah agar diberikan kemudahan dan keringanan mengerjakannya.
    (4) Lakukan hingga selesai. Istirahat boleh tapi jangan berhenti ditengah-tengah jalan.

    ReplyDelete
  15. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Filsafat ilmu mencakup semua yang ada di dunia ini. Mulai dari awal zaman sampai akhir jaman. Menyeimbangkan antara adat dan agama bukan sesuatu yang mudah karena agama merupakan pedoman manusia untuk hidup, sedangkan hidup manusia selalu diiringi oleh adanya tradisi atau adat dan budaya. Sehingga antara adat dan agama haruslah saling berjalan beriringan dan saling melengkapi. Sedangkan pertanyaan yang menarik saya ialah memahami karakteristik siswa dalam PBM matematika menurut sudut pandang filsafat, dimana filsafat merupakan landasan dasar dalam PBM matematika. Dimana dalam ilmu filsafat untuk pembelajaran matematika terdapat epistemologi, aksiologi dan ontologi untuk dapat memahami karakteristik siswa.

    ReplyDelete
  16. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Berbicara tentang ketidakpastian maka kita akan berbicara tentang kemungkinan. Kemungkinan berhasil dan kemungkinan gagal. Manusia adalah makhluk yang sempurna namun terbatas kemampuannya. Manusia tidak akan mampu memastikan semua yang belum pasti. Suatu hal bersifat pasti jika dia ada di dalam pikiran atau kalau sudah sampai di akhirat.

    ReplyDelete
  17. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Kunci dalam membangun hidup adalah ikhlas dan bersyukur. Pada dasarnya, tidak ada manusia yang merasa puas dengan kondisi pada dirinya sendiri. Manusia selalu ingin menjadi lebih, lebih, dan lebih. Hal ini tak jarang kemudian disalahgunakan. Manusia merasa bahwa manusia yang lain selalu mendapat yang lebih baik dari dirinya. Jika hal ini terus dibiarkan berkembang dalam diri, hidup menjadi kurang bermakna dan tanpa kontrol. Oleh karena itu, yang harus kita lakukan adalah berusaha semaksimal mungkin dalam menjalani hidup ini dan bersyukur dengan apa yang kita dapat. Bagaimana kiat-kiat seseorang agar hari-harinya penuh dengan semangat dan manfaat?
    Dalam setiap tindakan, yang paling penting adalah diawali dengan niat yang kuat. Agar hari-hari penuh dengan semangat dan manfaat juga harus diawali dengan niat. Karena dengan niat yang kuat, usaha kita menjadi terasa dan bermakna. Setelah tertanam kuat niat dalam diri, kita bisa melakukan beberapa hal berikut: Bersyukur setiap hari dan jalani hidup dengan optimis bahwa Tuhan selalu menyertai

    ReplyDelete
  18. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Terkait pertanyaan Ainun Fitriani: Bagaimana menerapkan Filsafat secara bijaksana?
    Filsafat adalah ilmu yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran atau rasio. Hal yang mendorong manusia untuk berfilsafat adalah 1) Keheranan; 2) Kesangsian; 3) Kesadaran akan keterbatasan karena merasa dirinya sangat kecil, sering menderita, dan sering mengalami kegagalan. Hal ini mendorong pemikiran bahwa di luar manusia yang terbatas, pasti ada sesuatu yang tidak terbatas. Dalam kehidupan, adakalanya kita dapat menggolongkan manusia kedalam beberapa jenis berdasarkan pengetahuannya, yaitu:
    • Orang yang mengetahui tentang apa yang diketahuinya;
    • Orang yang mengetahui tentang apa yang tidak diketahuinya;
    • Orang yang tidak mengetahui tentang apa yang diketahuinya;
    • Orang yang tidak mengetahui tentang apa yang tidak diketahuinya.
    Orang dapat memperoleh pengetahuan yang benar apabila orang tersebut termasuk golongan 1) dan sekaligus 2) yaitu Orang yang mengetahui tentang apa yang diketahuinya sekaligus Orang yang mengetahui apa yang tidak diketahuinya. Dengan demikian maka filsafat didorong untuk mengetahui apa yang telah kita ketahui dan apa yang belum kita ketahui. Pengetahuan diperoleh dari rasa ingin tahu, kepastian dimulai dengan rasa ragu-ragu dan filsafat dimulai dari kedua-duanya. Tidak semua orang mampu berfilsafat, orang yang akan mampu berfilsafat apabila memiliki sifat rendah hati, karena memahami bahwa tidak semuanya akan dapat diketahui dan merasa dirinya kecil dibandingkan dengan kebesaran alam semesta.

    ReplyDelete
  19. Hidup yang tidak bersemangat adalah hidup yang seolah-olah tiada harapan. Padahal harapan selalu ada di dalam Tuhan. Beragam persoalan mungkin membuat kita tidak bersemangat. Persoalan bisa menimpa siapa saja. Manusia harus berhadapan dengan masalah selama hidup di dunia ini. Setiap orang tentunya memiliki persoalan yang berbeda-beda. Kita tidak boleh menyerah. Sebab cobaan yang kita alami tidak pernah melebihi kekuatan kita. Agar hidup kita penuh semangat dan manfaat maka haruslah kita memiliki iman yang teguh, sukacita dan senantiasa bersyukur menjalani kehidupan ini.

    ReplyDelete
  20. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Saya tertarik pada pertanyaan Fitratul Wulan Fatmasuci:
    Bagaimana kiat-kiat seseorang agar hari-harinya penuh dengan semangat dan manfaat?
    Kiat-kiat agar hari hari penuh dan bersemangat adalah pikiran kita harus jernih. Denggan pikiran jernih syaitan tdak akan pernah bisa merayu manusia karena kita sibuk dengan pikiran-pikiran jernih kita

    ReplyDelete
  21. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    saya tertarik dengan pertanyaan pertama, yaitu bagaimana penyeimbang antara adat dan agama? sebagai makhluk Tuhan, setiap manusia haruslah beragama. dan sebagai makhluk sosial dan bermasyarakat, pastilah ada adat yang mengatur kehidupannya. agama dan adat adalah dua hal yang melekat pada diri manusia. dilihat dari urgensinya, maka agama tetap harus didahulukan, karena ini menyangkut kehidupan sekarang dan masa mendatang. penyeimbangan antara agama dan adat dapat dilakukan dengan cara menyesuaikan satu sama lain. adat yang tidak sesuai dengan agama harus ditinggalkan. dan agama (praktek-praktek agama) yang dapat dimodifikasikan dengan adat hendaknya perlu dilestarikan.

    ReplyDelete
  22. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Pertanyaan pertama terkait bagaimana menyeimbangkan antara adat dan agama. Menurut saya adat dan agama merupakan dua hal yang berbeda. Kita tidak boleh mencampur adukkan keduanya. Karena dalam hal agama segala sesuatu itu di larang kecuali jika memang diperintahkan untuk melakukan. Namun semikian, keduanya harus senantiasa berjalan beriringan. Untuk menyeimbangkannya memang cukup sulit karena kebanyakan adat istiadat kita telah bercampur dengan budaya. Hal ini merupakan salah satu cara agar Islam di terima di masyarakat. Sebagai warga negara yang baik, kita juga wajib melestarikan adat istiadat asalhkan tidak bertentangan dengan ajaran agama. Mungki hal pertama yang perlu dilakukan adalah kita membuat batasan yang jelas tentang apa itu adat dan apa itu ajaran agama. Selanjutnya tentang bagaimana menerapkan filsafat secara bijaksana, tentunya kita menerapkannya sesuai dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  23. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Terkait dengan pertanyaan tentang bagaimana kiat-kiat seseorang agar hari-harinya penuh dengan semangat dan manfaat. Menurut saya setiap orang harus memiliki tujuan hidup. Tujuan tidak hanya satu tetapi dapat banyak tak hingga, baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan adanya tujuan tersebut kita akan selalu termotivasi dan bisajadi hal itu mempengaruhi semangat hidup kita dan tentunya hidup kita akan bermanfaat. Selanjutnya tentang bagaimana filsafat memandang kehidupan yang penuh ketidakpastian. Sebenarnya saya kurang setuju bahwa kehidupan itu penuh ketidakpastian. Menurut saya kehidupan itu pasti karena Allah yang mengaturnya. Yang ada adalah pilihan. Apa yang kita pilih itu akan menentukan langkah kita selanjutnya. Dan apa yang kita pilih pasti akan kita tuai hasilnya.

    ReplyDelete
  24. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. saya tertarik dengan pertanyaan bagaimana kiat-kiat agar sehari-hari penuh dengan semangat dan manfaat. Menurut saya agar tiap hari selalu bersemangat hendaknya seseorang selalu ikhlas dalam menjalankan aktifitasnya dan selalu merasa penasaran dengan hari esok. Dengan ikhlas menjalankan aktivitas maka segal hal yang dilakukan setiap hari pasti akan membawa manfaat walaupun hanya kecil saja. Dengan membawa rasa bermanfaat bagi lingkungan maka seseorang akan merasa bahagia dan senantiasa menantikan hari esok yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  25. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Bagaimana kiat-kiat seseorang agar hari-harinya penuh dengan semangat dan manfaat?
    Ketika sesorang menginginkan kehidupannya penuh semangat dan manfaat adalah lakukan hal-hal yang positif, jangan menjadikan pribadi yang banyak mengeluh, slau berfikir bahwa berbuat baik tidak ada ruginya dan kunci utama adalah slalu mensyukuri atas apa yang diberikan Allah SWT setiap detiknya.

    ReplyDelete
  26. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Pertanyaan terkait dengan bagaimana kiat-kiat agar sehari-hari penuh dengan semangat dan manfaat. Menurut saya hal itu bisa kita lakukan dengan melakukan segala kegiatan yang bermanfaat untuk diri kita sendiri dan juga untuk orang lain. Apabila kita lakukan dengan penuh keikhlasan maka semua itu bisa menumbuhkan semangat kita.

    ReplyDelete
  27. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Sesuatu yang pasti adalah ketidakpastian. Tidak ada sesuatu pun yang pasti selain ketidakpastian itu. Lebih menarik lagi bila kita sedikit mengkaitkan dengan kehidupan sehari-hari, misalnya: sesuatu yang pasti akan hari esok adalah bahwa hari esok itu tidak pasti.

    ReplyDelete
  28. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Menurut seorang ahli motivasi Maslow kebutuhan dasar manusia salah satunya adalah keinginan untuk mendapatkan hal-hal yang pasti-pasti merupakan sesuatu yang menjadi kebutuhan utama manusia dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  29. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Saya pribadi tertarik dengan pertanyaan pertama yaitu bagaimana menyeimbangkan antara adat dan agama. Kita telah ketahui bahwa tuntunan agama adalah pedoman kita, dimana semua yang kita lakukan harus berdasar pada tuntunan agama, bahkan bisa dikatakan agama adalah segala gala nya karena Tuhan adalah segala galanya bagi kita. Namun tidak dipungkiri adat yang ada dimasyarakat juga kadang kita percayai, dan beberapa adat yang ada terkadang tidak sesuai dengan tuntunan agama, padahal adat itu harus dilestarikan, kalau menurut saya semuanya itu tergantung niat, apapun yang kita lakukan niatkan hanya untuk Allah SWT, dan lakukan apapun yang sesuai dengan tuntunan agama.

    ReplyDelete
  30. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam kolom komentar ini adalah tempat untuk berdiskusi, jadi saya akan mencoba menjawab salah satu pertanyaan pada tulisan di atas yaitu “Bagaimana menerapkan filsafat secara bijaksana?”. Filsafat sebenarnya sangat dekat dengan kita, atau bahkan diartikan sebagai diri kita sendiri. Jadi, cara menerapkan filsafat secara bijaksana adalah dengan menerapkannya sesuai dengan karakter diri kita, sesuai dengan lingkungan sekitar. Filsafat melahirkan banyak aliran yang terkadang saling berlawanan, jadi pilihlah alira filsafat yang sesuai dengan apa yang kita inginkan.

    ReplyDelete
  31. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya tertarik untuk menjawab pertanyaan ketiga dari daftar pertanyaan di atas, pertanyaannya yaitu “Bagaimana kiat-kiat seseorang agar hari-harinya penuh dengan semangat dan manfaat?”. Yang pertama adalah senantiasa bersyukur setiap hari, setiap pagi ketika bangun, bersyukurlah masih diberikan hidup, kesehatan, kesempatan, sehingga akan semangat menjalani sehari penuh; yang kedua adalah selalu berpikir positif sepanjang hari, jika kita berpikir positif, hari-hari kita akan kita lalui dengan mood yang baik dan semangat; dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah agar dilancarkan aktivitas sehari ini. Semoga kita semua menjadi orang-orang yang selalu semangat menjalani hidup.

    ReplyDelete
  32. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ketidakpastian dalam hidup adalah sesuatu yang sudah ditakdirkan oleh Allah SWT sebagai Tuhan Pencipta Alam. Ketidak pastian inilah yang menyebabkan derajat manusia menjadi meningkat karena usaha kerasnya dalam menggapai sesuatu. Ketidakpastian memberikan kita banyak pembelajaran mengenai kerja keras, ketekunan, keuletan, kesabaran, keikhlasan dan berbagai manfaat lain yang tidak dapat disebutkan.

    ReplyDelete
  33. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ketidakpastian dalam hidup adalah sesuatu yang sudah ditakdirkan oleh Allah SWT sebagai Tuhan Pencipta Alam. Ketidak pastian inilah yang menyebabkan derajat manusia menjadi meningkat karena usaha kerasnya dalam menggapai sesuatu. Ketidakpastian memberikan kita banyak pembelajaran mengenai kerja keras, ketekunan, keuletan, kesabaran, keikhlasan dan berbagai manfaat lainnya

    ReplyDelete
  34. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bagaimana menerapkan Filsafat secara bijaksana? Bejaksana berasal dari kata bijak yang tergantung dari dimensinya. Mungkin kesalahan dari dimensi yang lebih tinggi akan diartikan sebagai kebijaksanaanan untuk dimensi yang lebih rendah. Bijak juga dapat diartikan sebagia etika dan estetika. Jadi bijak itu dapat dipandang dari berbagai sudut pandang. Dapat seseorang menggap bijak itu kesalahan atau hal-hal yang beretika dan berestetika tinggi. Sehingga dalam artia bahwa dalam berpikir manusia harus menghargai pendapat dari orang lain.

    ReplyDelete
  35. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bagaimana kiat-kiat seseorang agar hari-harinya penuh dengan semangat dan manfaat? Jika membaca elegi ritual khlas the series pasti akan mengerti bagaimana caranya. Secara singkat untuk menggapai haltersebut manuusia dalam kehidpannya jangan selalu memikirkan hal yang berbau duniawi karena yang duniawi itu sudah di atur oleh Tuhan. Sehingga dalam menjalankan sesuatu itu harus ikhlas dan dengan ikhlas menjadi tentram hati dan menjadikan senang dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  36. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Bagaimana kiat-kiat seseorang agar hari-harinya penuh dengan semangat dan manfaat? Kita harus senantiasa bersyukur akan sesuatu. Memiliki semangat untuk maju adalah hal terpenting untuk dapat meraih kesuksesan dalam hidup. Motivasi sukses seringkali menjadi kunci meraih keberhasilan. Sejarah berbicara, baik pengusaha, negarawan, akademisi, dan bintang-bintang dunia mengakui bahwa bahwa dorongan motivasi inilah yang membuat orang mau menapaki setiap jalan setapak menuju kesuksesan. Agar kita bermanfaat untuk orang lain, selayaknya kita ikhlas akan sesuatu. Kita tidak boleh merasa diri paling benar dan manfaat. Karena yang berlebih-lebihan itu tidak baik.

    ReplyDelete
  37. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Sedikitnya ada tiga aliran besar dalam filsafat matematika (sugiman, 2009), yaitu Platonisme,
    Formalisme, dan Intuisionisme. Para penganut Platonisme menganggap bilangan
    adalah abstrak, memerlukan eksistensi objek, dan bebas dari akal budi manusia.
    Menurut aliran Formalisme, matematika adalah tidak lebih dan tidak kurang dari
    bahasa matematika (mathematical language). Sedangkan menurut paham
    Intuisionisme, matematika adalah suatu kreasi dari akal budi manusia (Anglin, 1994: p.
    218-219)

    ReplyDelete
  38. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Menjawab pertanyaan tenatang bagaimana kiat-kiat agar hari-hari seseorang penuh semanagt dan manfaat?
    caranya adalah dengan selalu mengawali setiap apa yang kita lakukan dengan berdoa terlebih dahulu, melakukan dengan sebaik mungkin, kemudian belajar ikhlas, dan belajar bersyukur dengan setiap hasil yang kita tunai selagi kita sudah berusaha sebaik mungkin

    ReplyDelete
  39. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Agar hari-hari kita penuh dengan semangat dan manfaat menurut saya adalah kembali kepada tujuan hidup kita. Sebagai manusia hakekat hidup kita adalah beribadah kepada Allah. Maka dari itu dalam menjalani kehidupan hendaknya kita senantiasa mengingat dan memohon ridha dari Allah SWT.

    ReplyDelete