Nov 6, 2014

Sumber-sumber Pengetahuan, Macam Pengetahuan, Pembenaran Pengetahuan dan Hubungan Pengetahuan yang satu dengan lainnya

Ass Wr Wb,



Pada hari ini Kamis, 6 Nopember 2014, pada perkuliahan Filsafat Ilmu untuk program S2 Pendidikan Matematika PM B, di Ruang. 201 A, PK 09.30 sd 11.10 Gedung Lama Pascasarjana UNY, saya mengangkat topik "Sumber-sumber Pengetahuan, Macam Pengetahuan, Pembenaran Pengetahuan dan Hubungan Pengetahuan yang satu dengan lainnya". Kuliah dihadiri 24 mahasiswa.


Di dalam kelas perkuliahan, saya memersilahkan para mahasiswa untuk memikirkan baik secara sendiri maupun bersama untuk mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan serta menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasar pengetahuan yang telah diperoleh dalam 7 kali perkuliahan mata kuliah Filsafat Ilmu; dan juga berdasar referensi yang dapat dicari/diakses baik berupa buku atau sumber lain yang akuntabel/kredibel, yaitu berupa sumber-sumber Primer atau Sekunder. Perlu saya sampaikan bahwa di dala mengacu atau merefer sumber-sumber, usahakanlah agar terhindar dari aspek plagiarisme.

Agar para mahasiswa memeroleh apersepsinya, maka saya sebagai Dosen pengampu memberi pengantar sebagai berikut. Bahwa yang dimaksud sumber-sumber penetahuan secara filsafati adalah pikiran para Filsuf. Dan yang dimaksud ilmu adalah juga sesuai apa yang dipikirkan para Filsuf. Dan yang dimaksud justifikasi serta macam-macam ilmu adalah juga pikiran para Filsuf. Maka tiadalah sebenar-benar dapat dikatakan belajar Filsafat, jika tidak berdasar pikiran para Filsuf. Pikiran para Filsuf merentang (time line) dari jaman Yunani Kuno hinga jaman sekarang (Kontemporer). Pikiran-pikiran para Filsuf selanjutnya menghasilkan Aliran-aliran (school) Filsafat. Maka untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan topik di atas, adalah suatu keharusan untuk memelajari berbagai macam Aliran Filsafat.

Selanjutnya hasil kerja para mahasiswa tersebut di atas akan terlihat di dalam Comment-comment dari posting ini.

Agar pengetahuan kita bersifat terbuka dan komprehensif, maka saya memersilahkan para pembaca yang budiman untuk ikut serta memberikan pemikirannya dengan cara juga membuat/melalui Comment-comment.

Selamat mencoba, semoga kita selalu diberi kecerdasan pikir dan hati dalam ke Ridhloan Nya. Amin

Dosen ybs,

Marsigit



6 comments:

  1. Calva Ananta Dominikus Matutina
    13301241061
    Pendidikan Matematika I 2013

    (https://amirulbahri.wordpress.com/2010/10/17/empirisme-david-hume/)
    Empirisme diyakini sebagai salah satu paham yang membangun sebuah pengetahuan. David Hume sebagai salah satu penganut paham empirisme mengatakan bahwa manusia tidak membawa pengetahuan bawaan dalam hidupnya. Sumber pengetahuan diyakini berasal dari pengamatan yang didapat saat dan setelah menjalani hidup. Hasil dari pengamatan-pengamatan itulah pengalaman hidup. Maka, dalam empirisme, sumber utama untukk memperoleh pengetahuan adalah data empiris yang diperoleh dari panca indera.

    ReplyDelete
  2. Diah Ayu Indraningtias
    13301241049
    Pendidikan Matematika A 2013

    Pengetahuan yang saya peroleh disini yaitu:
    1) Filsuf itu adalah seorang ahli yang mencetuskan aliran filsafat,
    2) Filsuf itu adalah seorang ahli yang pikirannya merupakan sumber-sumber pengetahuan secara filsafati,
    3) Filsuf itu adalah seorang ahli yang objek pikirnya merupakan suatu ilmu, dan
    4) Filsuf itu adalah seorang ahli yang pikirannya merupakan macam-macam ilmu.

    ReplyDelete
  3. Diah Ayu Indraningtias
    13301241049
    Pendidikan Matematika A 2013

    Sumber-sumber pengetahuan adalah:
    a. Intuisiionisme: Intuisi pengetahuan yang tgiba-tiba muncul tanpa proses menalar, menganalisis ataupun melogikanya. Intuisi ini bisa muncul karena kebiasaan yang dilakukan seseorang, dan bayangan dari pengalaman/pengetahuannya sebelumnya.
    b. Rasionalisme: paham pengetahuan berdasarkan rasio. Mengandalkan ide atau akal kita untuk menentukan kebenaran suatu hal.
    c. Empirisme: pengetahuan berdasarkan pengalaman. Mengandalkan alat indra kita untuk menentukan kebenaran suatu hal.

    ReplyDelete
  4. Diah Ayu Indraningtias
    13301241049
    Pendidikan Matematika A 2013

    Macam-macam pengetahuan adalah:
    1) Humaniora/IPS: ilmu sosial (social sciences)
    2) Sains/IPA : ilmu alam (natural sciences)

    ReplyDelete
  5. Sumber pengetahuan filsafat adalah pemikiran filsuf. Pembelajar filsafat harus menjelajahi luasnya dunia filsafat secara historis, karena dari keberagaman pemikiran yang dielaborasi filsuflah kemudian bisa ditemukan keluasan belantara sumber pengetahuan pula. Karena itu pulalah berfilsafat bukanlah proses instan sekali jadi, melainkan upaya yang berlangsung lama dan terus menerus.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  6. Siska Nur Rahmawati
    167012510128
    PEP-B 2016

    Filsafat itu adalah dirimu sendiri. Semakin banyak diri kita mengeksplorasi dan menambah pengetahuan dan pengalaman dari dalam hidup kita. Prof Marsigit selalu memberitahukan kepada kami bahwa dengan membaca, membaca, dan membaca kita dapat memperbanyak pengetahuan dan pengalaman. Semakin banyak pengetahuan dan pengalaman tentang dunia, semakin kita bisa melihat dunia lebih luas lagi.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.