Nov 8, 2014

Peta 2 - Peta Pendidikan Dunia _ Dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 2).

Catatan: Tiga kolom sebalah kiri, mengimplementasikan Pendidikan berciri Teacher Centered dengan paradigma Transfer of Thinking; sedangkan dua kolom sebelah kanan mengimlementasikan Pendidikan bercirikan Student Centered dengan paradigma Constructivisme dan Realisticism.

26 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Paul Ernest membuat peta pendidikan berdasarkan karakter bangsa, yang meliputi lima ideologi dalam pendidikan matematika yaitu pendidikan versi kaum Industrial, pendidikan versi kaum bangsawan/Aristokrat, pendidikan versi kaum Old Humanist, pendidikan kaum progresif, dan pendidikan versi kaum sosio konstrukstivis. Pendidikan menurut versi kaum industrial, kaum bangsawan/Aristocrat, dan kaum old humanist hampir sama, ketiganya bersifat kapitalism, industrialism, hedonism, utilitarian, dan pragmatis, sedangkan pendidikan menurut versi kaum progresif dan kaum sosio kunstrukstivis bersifat humaniora, sebagai tempat intuisi digarap/dikerjakan.Pembelajaran matematika saat ini tampak masih didominasi pada pengembangan pengetahuan formal, sehingga matematika tampak asing yang tidak ada hubungannya dengan dunia siswa serta pengetahuan informalnya, pembelajaran tidak memberikan tempat bagi berkembangnya intuisi anak yang sebenarnya berkaitan erat dengan cara anak belajar dan berpikir matematika secara alamiah. Pembelajaran matematika yang utuh hendaknya mampu mengembangkan pengetahuan formal dan pengetahuan informal, serta intusi. Maka tanggung jawab kita bersama adalah mengelola pendidikan yang mampu menumbuhkan intuisi peserta didik.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Ya seperti itulah pendidikan di Indonesia, mengacu pada tiga kolom sebelah kiri yang mengimplementasikan pendidikan berciri teacher centered. Sedangkan dua kolom sebelah kanan yang menimplementasikan pendidikan bercirikan student centered yang diyakini dapat mengembangan kemampuan para siswa tidak hanya dalam pengetahuan saja, namun dalam penalaran dan pemecahan masalah pun dapat mereka kembangkan, karena dalam student centered peran guru haya sebagai fasilitator bukan menjadi pusat pengetahuan lagi.`

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Berdasarkan peta di atas, pendidikan di Indonesia berciri teacher centered dengan paradigma transfer of thinking. Tetapi untuk sistem pendidikan saat ini, kurikulum 2013, Pendidikan di Indonesia sudah mengarah pada pendidikan dengan student centered. Pendidikan seharusnya berorientasi pada siswa. Mereka harus membangun pengetahuannya sendiri dengan fasilitasi dari guru. Siswa difasilitasi untuk aktif dalam proses pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dirancang oleh guru. Dalam hal ini pembelajaran lebih didominasi oleh siswa. Dengan demikian siswa akan lebih aktif dan kreatif. Inovasi pembelajaran seperti ini harus dilakukan agar pembelajaran menjadi lebih bermakna.

    ReplyDelete
  4. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Siswa atau anak didik tidak sepantasnya dipandang seperti tong kosong yang tidak memiliki ilmu apa-apa. Seharusnya sebagai guru menganggap anak didiknya seperti biji tanaman yang bisa tumbuh menjadi pohon dan akhirya berbuah. Apalagi di zaman seperti ini, kecanggihan teknologi telah menyebar ke masyarakat memungkinkan anak didik lebih pandai daripada gurunya. Guru hanya memberikan ilmu yang belum dimiliki siswa untuk bekal di masa depan dan menanamkan sikap dan sifat yang baik kepada siswa.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari peta pendidikan yang dibuat pak parif marsigit dapat saya simpulkan bahwa di negara indonesia kita sekarang ini mengimplementasikan pendidikan ada dua cara pertama menggunakan teacher center (berpusat di guru) dan student center (berpusat di siswa). Yang mana kedua itu menjalaninya secara berbeda. teacher center (berpusat di guru) adalah menggunakan transfer of thinking yang mana guru menjaelaskan secara detail suatu masalah kepada siswa sedangkan student center (berpusat di siswa) adalah menggunakan konstruk dan realistik, yang mana siswa sangat berperan dalam hal ini, sehingga bisa melatih kemampuan siswa dlaam berpikir kritis dan kreatif. Dan bisa memecahkan masalah yang diberikan. Indonesia sekarang ini sedang menerapkan student center yang mana semula teacher center.

    ReplyDelete
  6. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pada kurikulum 2013 lebih ditekankan pada pembelajaran berpusat pada siswa. Dalam tabel yang dibuat Prof Marsigit dari Paul Ernes, diharapkan pendidikan di Indonesia mengarah pada 2 kolom dari kanan yaitu Progressive Educator dan Public Educator karena 2 kolom tersebut mengimplementasikan Pendidikan yang bercirikan berpusat pada siswa dengan paradigm konstruktivistik dan realistic.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Peta 2 ini mencerminkan tentang proses pembelajaran yang mungkin terjadi di kelas yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru dan pembelajaran berpusat pada siswa. Indonesia telah menerapkan kurikulum 2013 yang menonjolkan teori konstruktivisme dimana pendekatan saintifik yang menjadi pendekatan dalam kurikulum ini. Proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik memberikan kesempatan pada siswa untuk secara aktif melakukan berbagai kegiatan pembelajaran atau dikenal dengan 5M (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan). Maka dari itu kita ketahui bahwa Indonesia saat ini tampaknya mengarah pada implementasi pendidikan bercirikan Student Centered seperti digambarkan dua kolom sebelah kanan.

    ReplyDelete
  8. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pada peta pertama yang telah digambarkan sebelumnya oleh bapak, lebih memfokuskan pada pendidikan Indonesia sudah mengarah pada 2 kolom sebelah kanan yaitu bersesuaian dengan ideologi dan konstitusi di Indonesia. Seperti penjelasan yang telah bapak paparkan, 2 kolom kanan menggambarkan pendidikan yang berpusat pada siswa atau student center. Teori ini mendukung Indonesia dalam menerapkan kurikulum 2013 yang memfokuskan pada teori belajar behavioristik, kontrustivistik dan realistik, dimana teori tersebut bersifat student center. Dengan demikian, pada tabel tersebut yang dapat mendukung proses pembelajaran di Indonesia adalah 2 kolom kanan dari tabel yang telah bapak paparkan diatas. Bukan 3 kolom sebelah kiri dikarenakan tidak sejalan dengan pembelajaran yang sedang diterapkan di Indonesia saat ini.

    ReplyDelete
  9. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kurikulum di Indonesia saat ini (Kurikulum 2013) sudah menggeser paradigma dari 3 kolom di sebalah kiri ke dua kolom sebelah kanan. Ideologi positivisme sudah berlaku karena peran siswa diperhitungkan dalam pembelajaran. Pembelajaran sudah tidak berpusat pada guru lagi, melainkan sudah dua arah dari guru ke siswa dan sebaliknya bahkan student-centered. Ini sebagai langkah yang baik untuk kemajuan sistem pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  10. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan peta pendidikan dunia tersebut, pendidikan di Indonesia masih dikategorikan seperti pada tiga kolom sebelah kiri (Industrial Trainer, Technological Pragmatist, Old Humanist). Ketiga hal tersebut merepresentasikan pendidikan yang bercirikan teacher centered atau pembelajaran yang berpusat pada guru. Sementara itu, pada dua kolom sebelah kanan (Progressive Educator dan Public Educator) merepresentasikan pendidikan yang bercirikan student centered atau pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sistem pendidikan di Indonesia yang telah berlangsung sampai sejauh ini memang cenderung berpusat pada guru. Akan tetapi, melalui penerapan Kurikulum 2013, sistem pendidikan di Indonesia perlahan mulai meninggalkan ciri teacher centered. Kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik yang menekankan pada aktivitas siswa serta konstruksi pengetahuan oleh siswa mendukung keterlaksanaan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Siswa berperan sebagai aktor utama dalam pembelajaran sedangkan guru berperan sebagai fasilitator yang memfasilitasi siswa dalam membangun pengetahuannya. Dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa, pembelajaran akan menjadi lebih bermakna bagi siswa.

    ReplyDelete
  11. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Di dalam dunia pendidikan, kebutuhan peserta didik satu dengan yang lainnya tentu berbeda-beda, ada yang membutuhkan lebih atau kurang. Selain itu, pemenuhan masing-masing kebutuhan tersebut pun pastinya beragam jua, setiap kebutuhan berbeda-beda cara pemenuhan antara satu dan yang lainnya. Dengan adanya peta ini diharapkan di masa depan kita dapat memahami lebih jauh tentang keberagaman tersebut dan melengkapi kebutuhan setiap siswa dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  12. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pada peta pendidikan dunia yang pertama, telah dijelaskan bahwa Indonesia masih mencari bentuk pendidikan walaupun pendidikan Indonesia sudah mengarah pada bentuk Industrial Trainer, Technological Pragmatist, dan Old Humanist yang mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada guru. Sebagaimana telah dijelaskan bahwa idealnya Indonesia harus menuju ke bentuk Progressive Educator dan Public Educator, pendidikan Indonesia melalui kurikulum yang baru yaitu Kurikulum 2013 telah memulai untuk menjadikan guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran sehingga siswa dapat berperan aktif dalam menemukan pengetahuannya sendiri (student center). Karena memang dalam bentuk Progressive Educator dan Public Educator, tercantum cita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila yang harus segera diwujudkan.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Seperti yang telah di gambarkan sebelumnya pada peta Pendidikan Dunia 1, Indonesia mengarah di wilayah 3 kolom dari kiri, yang mengimplementasikan pendidikan bercirikan teacher centered dan tansfer of thinking. Akan tetapi, demi terwujudnya cita-cita Demokrasi Pancasila, pemerintah Indonesia sekarang telah mengupayakannya melalui kurikulum 2013. Seperti yang kita ketahui bahwa, pada kurikulum 2013 peran guru adalah sebagai fasilitator, siswa yang mengkonstruksi pengetahuannya sendiri melalui pembelajaran yang inovatif dan menggunakan objek konkrit sebagai objek belajar (matematika sekolah). Maka, dengan proses tersebut, Indonesia sekarang yang masih mencari bentuk sistem pendidikannya, mencoba mengarahkan pendidikan pada 2 kolom dari kanan, yaitu Progressive Educator dan Public Educator agar cita-cita tersebut segera terwujud.

    ReplyDelete
  16. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Berdasakan peta 1- Pendidikan Dunia diketahui bahwa Indonesia masih dalam bentuk sistem pendidikan pada tiga kolom sebelah kiri dimana pendidikannya berciri Teacher Centered yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru dimana keaktifan atau keikutsertaan siswa didalam kegiatan pembelajaran itu masih kurang. Oleh karenanya pemerintah terus mengupayakan perbaikan dalam sistem pendidikan di Indonesia demi terwujudnya Pendidikan yang bercirikan Student Centered dengan paradigma Constructivisme dan Realisticism yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa dimana siswa secara aktif dapat terlibat dalam kegiatan pembelajaran dan membuat siswa lebih kreatif dan dapat membangun atau mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dan dapat menerapkan ilmunya di dalam kegiatan sehari-hari.

    ReplyDelete
  17. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Pada peta yang ke dua ini menjelaskan bahwa terdapat tiga hal dasar pada pendidikan pendidikan yaitu sosial, pendidikan dan kemampuan siswa. Tiga hal ini memiliki bagian yang berbeda-beda. Siswa disiapkan untuk menjadi individu atau pemimpin yang keras yang tidak pantang menyerah dan mampu bersaing dengan individu lain di persaingan pasar dengan berbekal pelatihan dari yang telah dipelajari.

    ReplyDelete
  18. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan peta pendidikan dunia bagian 2 di atas,terdapat perbedaan pandangan kemampuan siswa antara lima versi. Pada tiga kolom sebelah kiri terdapat hal yang sama yaitu kemampuan siswa dianggap bakat. Sedangkan versi progressive educator kemampuan siswa dianggap sebagai kebutuhan. Menurut saya dalam pembelajaran matematika lebih baik menggunakan kacamata bahwa Student ability itu adalah kebutuhan siswa. Agar guru tetap memfasilitasi siswa yang berbakat matematika maupun siswa yang tidak berbakat (versi tiga kolom awal).

    ReplyDelete
  19. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam peta 2 ini ditunjukkan bahwa pendidikan dibagi menjadi dua yaitu yang bercirikan Teacher Centered (tiga kolom sebelah kiri) dan yang bercirikan Student Centered (dua kolom sebelah kanan). Sebagaimana sebelumnya pada peta 1 dijelaskan bahwa pendidikan di Indonesia berada pada tiga kolom sebelah kanan, ini berarti bahwa pendidikan di Indonesia masih berpusat pada guru dan kegiatan pembelajaran sepenuhnya dengan paradigma transfer ilmu dari guru ke siswa. Hal ini tentu tidak baik apabila dilanjutkan, perlu adanya inovasi pembelajaran agar berpusat pada siswa sehingga pendidikan di Indonesia mampu mencapai dua kolom sebelah kiri. Pendidikan pada dua kolom sebelah kiri lebih mampu membuat siswa belajar bermakna dan mengkonstruk pengetahuannya sendiri sehingga siswa mengerti karena siswa yang mencoba buka hanya transfer ilmu dari guru secara terus-menerus.

    ReplyDelete
  20. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Setidaknya pembelajaran di dalam matematika bercirikan Student Centered dengan paradigma Constructivisme dan Realisticism. Mengapa demikian? Segala informasi akan lebih bermakna bagi siswa apabila ia dapat mengkonstruk pengetahuan yang akan dimilikinya. Dan tentu pendekatan yang baik untuk pemebelajaran matematika adalah realistic yaitu pembelajaran di kontruk melalui matematisasi horizontal dan vertical.

    ReplyDelete
  21. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Melihat peta pendidikan dunia di atas ternyata Indonesia tengah berada dalam upaya mencapai 2 kolom sebelah kanan, dimana Indonesia mulai mencoba untuk mengimplementasikan pendidikan dengan orientasi student centered itu ditandai dengan adanya anjuran untuk menggunakan kurikulum 2013 dengan basis pendekatan saintifik yang dikombinasikan dengan model-model pembelajaran yang inovatif. Semoga Indonesia dapat mencapai dua kolom sebelah kanan dan menjadi negara terdepan dalam bidang pendidikan dunia.

    ReplyDelete
  22. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Sistem Pendidikan Indonesia saat ini sebenarnya suda merujuk pada Student Centered, sebab pemerintah telah memberikan warna baru dalam dunia pendidikan dengan mengubah kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013. Idealnya, K13 dibuat agar memberikan dampak Student Centered dalam proses pembelajaran. Namun sayangnya, dalam proses pelaksanaannya K13 belum berjalan sebagaimana diharapkan. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, yang diantaranya adalah kesiapan guru dan siswa dalam menjalankan kurikulum 2013 ini.

    ReplyDelete
  23. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Di Indonesia sistem pendidikannya industrial trainer, technological pragmatis, dan old humanis yang bercirikan pembelajaran bersumber pada guru dan guru sebagai satu-satunya sumber belajar dengan demikian pembelajaran yang dilakukan oleh siswa kurang bermakna dan proses pembelajaran hanya sebagai media untuk menstransfer atau menyalurkan ilmu yang dipunyai guru ke siswa tanpa analisis yang dilakukan siswa. Sedangkan progressive educator dan public educator ini yang diterapkan dalam kurikulum 2013 dimana pembelajaran berpusat pada siswa dengan pemberian masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari siswa dan siswa membangun pengetahuannya melalui media yang disediakan oleh guru, dan guru sebagai fasilitator.

    ReplyDelete
  24. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Perlu dilakukan upaya yang keras untuk mengubah pandangan pendidikan indonesia menjadi mengarah kepada Student Centered. Karena selama ini pendidik juga merasa dilema. Jika dilakukan student centered, peserta didik malah tidak belajar. Padahal sudah diarahkan untuk belajar. Jika terlalu diarahkan malah bukan lagi student centered. Sehingga itu yang menyebabkan perubahan pandangan menjadi student centered itu sulit. Namun saat ini sudah banyak dan beragam upaya yang dilakukan pemerintah, pemerhati pendidikan dan juga peneliti di bidang pendidikan untuk mengubah pandangan pendidikan menjadi student centered. Dapat dilihat jelas dari penggunaan Kurikulum 2013 dan metode pembelajaran saintifik dan penilaian autentik yang sedang trend saat ini.

    ReplyDelete
  25. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Di Indonesia masih banyak guru yang menggunakan teacher centered. Yang terjadi dalam teacher centered adalah komunikasi hanya satu arah dan ilmu yang ada di guru hanya ditransfer ke siswanya, siswa tidak mengkonstruksi sama sekali pengetahuan yang ia peroleh sehingga ilmu yang ia dapat mudah untuk dilupakan oleh siswa. Sebaliknya dengan student centered, siswa dapat mengkonstruk pengetahuannya sendiri sehingga pembelajaran akan bermakna bagi siswa.

    ReplyDelete
  26. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari tabel diatas dijelaskan bahwa pendidikan dibagi menjadi dua yaitu Teacher Centered (berpusat pada guru) dan Student Centered (Berpusat pada siswa). Diindonesi sendiri saat ini mencoba mengubah dari yang dulu teacher centered menjadi student centered melalui kurikulum 2013 dengan pendektan saintifik. Dengan menggunakan sistem student centered membuat pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa karena siswa membangun sendiri pengetahuannya dan guru menjadi fasilitator.

    ReplyDelete