Nov 8, 2014

Peta 2 - Peta Pendidikan Dunia _ Dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 2).

Catatan: Tiga kolom sebalah kiri, mengimplementasikan Pendidikan berciri Teacher Centered dengan paradigma Transfer of Thinking; sedangkan dua kolom sebelah kanan mengimlementasikan Pendidikan bercirikan Student Centered dengan paradigma Constructivisme dan Realisticism.

2 comments:

  1. Karena Indonesia adalah bagian dari warga negara dunia, maka mau tak mau dalam model pendidikan pun Indonesia bisa diperbandingkan dengan pendidikan dunia secara general. Dari dua model, yakni model guru sebagai pusat dan siswa sebagai pusat, pada dasarnya Indonesia tak menganut salah satu secara mutlak. Artinya, di beberapa lokasi masih bisa ditemukan model pendidikan dengan guru sebagai pusat, ini merupakan model kuno, sementara di beberapa lokasi juga sudah ditemukan model yang lebih kontemporer dengan siswa sebagai pusat.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  2. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Keadaan pendidikan di Indonesia masih memandang bahwa guru merupakan pusat pembelajaran. Siswa masih kurang dilibatkan secara aktif di dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Paul Ernest memandang bahwa pendidikan sebaiknya dipusatkan pada siswa. Guru dapat menggunakan pembelajaran konstruktivisme dan realistikisme untuk mengembangkan kreativitas, keaktifan, dan pemahaman siswa.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.