Nov 8, 2014

Peta 2 - Peta Pendidikan Dunia _ Dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 2).

Catatan: Tiga kolom sebalah kiri, mengimplementasikan Pendidikan berciri Teacher Centered dengan paradigma Transfer of Thinking; sedangkan dua kolom sebelah kanan mengimlementasikan Pendidikan bercirikan Student Centered dengan paradigma Constructivisme dan Realisticism.

1 comment:

  1. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sesui dengan Kurikulum 2013 yang kini digunakan oleh sistem pendidikan di Indonesia. Dalam kurikulum 2013 lebih mengarah pada metode Saintifik dimana siswa bisa belajar secara ilmiah dalam artian dapat mendapatkan pembelajaran melalui berbagai sumber dan dimana saja serta kapan saja. Hal ini membuat pembelajaran lebih mengarah pada student center dimana siswa lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Guru hanya sebagai fasilitator untuk siswa sehingga siswa bisa berkonsultasi dengan guru terhadap temuan-temuannya dalam pembelajaran. Dengan demikian siswa bisa menemukan dan membangun konsep dalam mengomunikasikan suatu konsep yang dipelajari.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete