Nov 8, 2014

Peta 2 - Peta Pendidikan Dunia _ Dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 2).

Catatan: Tiga kolom sebalah kiri, mengimplementasikan Pendidikan berciri Teacher Centered dengan paradigma Transfer of Thinking; sedangkan dua kolom sebelah kanan mengimlementasikan Pendidikan bercirikan Student Centered dengan paradigma Constructivisme dan Realisticism.

27 comments:

  1. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sesui dengan Kurikulum 2013 yang kini digunakan oleh sistem pendidikan di Indonesia. Dalam kurikulum 2013 lebih mengarah pada metode Saintifik dimana siswa bisa belajar secara ilmiah dalam artian dapat mendapatkan pembelajaran melalui berbagai sumber dan dimana saja serta kapan saja. Hal ini membuat pembelajaran lebih mengarah pada student center dimana siswa lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Guru hanya sebagai fasilitator untuk siswa sehingga siswa bisa berkonsultasi dengan guru terhadap temuan-temuannya dalam pembelajaran. Dengan demikian siswa bisa menemukan dan membangun konsep dalam mengomunikasikan suatu konsep yang dipelajari.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  2. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika B

    Setiap minimal 5 tahun sekali, Indonesia mengalami perubahan kurikulum dengan tujuan untuk perbaikan dari kurikulum yang sebelumnya. Dalam kurikulum 2013 ini pengajaran difokuskan pada siswa atau biasa disebut student centered. Melalui pendektan saintifik dan kontruktivisme siswa mengkontruk pengetahuannya sendiri berdasarkan pengalaman-pengalaman dari lingkungan budaya di sekitar mereka. Pengalaman-pengalaman yang telah didapatkan oleh siswa kemudian dibentuk menjadi pengetahuan-pengetahuan yang bermakna. Guru sebagai fasilitator membatasi pengetahuan siswa yaitu sebatas pengetahuan ilmiah. Siswa belajar tentang aspek-aspek budaya dan hubungannya melalui lingkungannya dan berdasarkan kebutuhan keilmuan siswa. Pembelajaran yang berpusat pada guru pelan-pelan mulai dirubah dengan tujuan supaya siswa dapat belajar mandiri baik dalam mencari sumber-sumber yang dibutuhkan maupun menemukan konsep-konsep pembelajaran yang diinginkan. Saat ini tugas guru adalah sebagai fasilitator dan pembimbing siswa untuk membentuk pengetahuan-pengetahuannya supaya siswa tidak keliru dalam memahami konsep-konsepnya.

    ReplyDelete
  3. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Sesuai dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia sekarang ini dalam pengembangan teori sosial, teori hakikat siswa dan teori kemampuan siswa idealnya sebuah pendidikan di sekolah hendaknya berorientasi pada siswa demi pembentukan karakter siswa sehingga siswa mampu untuk mengembangkan pengetahuan dari pengetahuan awal yang dimiliki, menemukan konsep sendiri dari berbagai contoh kehidupan nyata yang dialami, mengembangkan budayanya dan hubungan dengan lingkungannya.

    ReplyDelete
  4. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Seiring dengan derasnya tantangan global, tantangan dunia pendidikan pun menjadi semakin besar, hal ini yang mendorong para siswa mendapatkan prestasi terbaik.Dalam perkembangan pendidikan Indonesia, pemerintah telah melaksanakan berbagai kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan guna menghadapi persaingan bebas dunia. Salah satunya adalah dengan pembaharuan kurikulum pendidikan yang diharapkan ke depannya akan lebih efektif guna meningkatkan mutu peserta didik di masa depan.

    ReplyDelete
  5. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Peta pendidikan 2 ini menggambar perkembangan pendidikan dilihat dari theory of society, genesis of students, dan theory of student ability. Posisi pendidika di Indonesia saat ini sudah mulai mengarah kepada 3 level sebelah kanan. Hal ini dapat dilihat dari penerepan kurikulum 2013 yang mana orientasi pendidikan sudah mulai berubah dari teacher centered ke student centered dengan paradigm contrutivisme dan realisticism. Sehingga pembelajaran yang diperoleh siswa benar-benar bermakna karena siswa sendiri yang mengkonstruk konsep dengan berbagai aktivitas. Oleh karena itu sebagai calon guru menjadi pelajaran bagi saya kelak nanti untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  6. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Sesuai dengan tujuan pendidikan saat ini, proses pembelajaran seharusnya berlandasakn progressive educator dan pubic educator, yang menekan pembelajaran yang berorientasi pada siswa, artinya pembelajaran bukan dari guru semata, tetap focus ke siswanya, diamna siswa yang mengkonstruk sendiri pangetahuannya ataupun konsep yang dimilikinya, siswa sendiri yang mengemabngkan pila pikirinya terhadap setiap permasalah yang diberikan, sedangkan tugas guru hanya sebagai fasilittor.

    ReplyDelete
  7. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Kurikulum pendidikan memang terus mengalami perubahan. Namum pada dasarnya pendidikan yang sekarang diterapkan adalah pendidikan yanh berpusat kepada siswa, siswa dituntut untuk mengembangkan dan membangun pengetahuannya sendiri dengan bantuan guru dimana guru berperan hanya sebagai pembimbing. Pendidikan yang sesungguhnya memang menuntu siswa untuk bisa aktif dalam proses pembelajaran dikelas, guru hanya menyediakan fasilitas pembelajaran seprti media metode model atau pendekatan yang tepat untuk membantu siswa paham dengan materi.

    ReplyDelete
  8. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pendidikan di Indonesia dari waktu ke waktu terus mengalami suatu perkembangan, hal tersebut dapat kita lihat dari pergeseran pembelajaran yang tadinya teacher centered berubah menjadi student centered. Pembelajaran dengan memfokuskan siswa sebagai pusat dari pembelajaran di kelas memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengkonstruk suatu konsep yang dimilikinya dengan berbagai kegiatan. Peran guru di kelas bukan lagi sebagai pusat pembelajaran, melainkan hanya sebagai fasilitator pembelajaran bagi siswa. Perubahan pembelajaran student centered merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  9. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sistem pendidikan di Indonesia tengah berusaha mengubah paradigma dari teacher centered menuju paradigma constructivisme. Dari tabel tersebut dapat dilihat bahwa dalam paradigma Constructivisme dan Realisticism, kemampuan siswa dipandang sebagai kebutuhan dan aspek budaya, dan juga relatif. Pembelajaran terpusat pada siswa dan memandang siswa seperti tanaman yang dapat tumbuh. Maksudnya siswa dapat mengembangkan kemampuannya dengan fasilitas yang diberikan oleh guru. Siswa memiliki potensi yang besar untuk dapat mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya.

    ReplyDelete
  10. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Kemampuan siswa dipandang sebagai kebutuhan oleh progressive teacher. Artinya, siswa membutuhkan keahlian tertentu untuk menjalani hidupnya. Untuk menemukan keahlian, guru bisa memberikan arahan dengan memperhatikan hal-hal yang menonjol ketika berada di kelas.

    ReplyDelete
  11. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat pagi Prof.
    Peta diatas menggambarkan pendidikan di dunia yang memiliki dua ciri, yaitu teacher centered dan student centered. Kedua ciri ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda satu sama lainnya. Kedua ciri ini pula sudah pernah diterapkan di Indonesia. Seiring perkembangan zaman, saat ini pendidikan Indonesia lebih menerapkan sistem pendidikan yang berpusat pada siswa atau student centered. Hal ini disesuaikan dengan karakteristik yang dimiliki oleh kurikulum 2013. Kenyataannya adalah penerapan yang belum merata dialami saat ini. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah pengetahuan mengenai kurikulum 2013 itu sendiri, sarana dan prasarana, dan lain sebagainya. Pengalaman adalah solusi pemecahan masalah ini. Semakin sering menerapkan kurikulum ini, maka dapat dikatakan kita mampu mewujudkan kurikulum ini sesuai dengan karakteristik yang dimiliki. Terima kasih.

    ReplyDelete
  12. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dari gambaran di atas dalam peta pendidikan bersumber dari Paul Ernest lebih cenderung membahas mengenai theory of society, genesis of students, and theory of students ability. Kita sebagai calon pendidik dituntut untuk lebih mengutamakan siswa sebagai pusat pembelajaran. Terlebih pada pembelajaran saat ini harus berpusat pada siswa berorientasi pada siswa, kita sebagai calon pendidik harus memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh siswa

    ReplyDelete
  13. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berbicara mengenai student center dan teacher center memang tidak ada habisnya. Kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang mengubah paradigma teacher center menjadi student center. Dalam kurikulum 2013, guru berperan sebagai fasilitator. Pendekatan dan teori yang digunakan adalah pendekatan saintifik dan teori konstruktivisme. Pendekatan saintifik menekankan siswa untuk belajar secara ilmiah dengan memunculkan langkah-langkah pembelajaran yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba dan membuat jejaring. Teori konstruktivisme adalah teori yang menganggap bahwa pengetahuan didapat dari adanya suatu pengalaman. Jadi, dalam kurikulum 2013 pendekatan saitifik dan teori konstruktivisme digunakan untuk membuat siswa terlibat aktif selama pembelajaran sehingga siswa dapat mengkonstruk dan mengembangkan pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  14. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Pendidikan bercirikan Student Centred sebenarnya sudah dimulai sejak diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 atau KTP namun dalam pelaksanaannya nampaknya bangsa indonesia belum menyadari dan belum terbiasa akan hal tersebut dan mungkin itulah salah satu alasan di ganti nya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan tersebut dengan Kurikulum 2013. Namun, sebagai orang awam saya tidak mengerti betul apa yang terjadi diantara para pemangku kebijakan kurikulum yang seakan tergesa-gesa dalam melakuakan pergantian kurikulum. Padahal jika kita mau berkaca pada Jepang yang membutuhkan waktu 10 tahun dalam mempersiapkan pergantian kurikulum. Apapun yang terjadi, para pemangku kebijakan mungkin sudah bekerja keras dan pasti juga menginkan yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Semoga keputusan tersebut merupakan keputusan terbaik. Aamiin.

    ReplyDelete
  15. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Pendidikan di Indonesia sendiri sudah beberapa kali berganti-ganti. Dari dulu pernah menggunakan kurikulum KBK, KTSP, dan kini berubah menjadi kurikulum 2013 yang identik dengan pendekatan saintifik. Dari berbagai perubahan tersebut semoga menjadikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dan dapat memfasilitasi siswa dengan maksimal.

    ReplyDelete
  16. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013 yang identic dengan pendekatan saintifik. Kurikulum sebelum-sebelumnya yang pembelajarannya dominan dengan guru (teacher center) kini berubah menjadi berpusat pada siswa ( student center). Untuk itu, kini siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran dan guru hanya sebatas memberikan fasilitas untuk belajar siswa. semoga dengan kurikulum 2013 yang baru diterapkan kurang lebi 5 tahun ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat lebih mengembangakan potensi pada siswa.

    ReplyDelete
  17. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Pendidikan di Indonesia selalu memiliki perubahan kurikulum dalam proses pembelajaran, hal ini juga memberikan pengaruh dalam kondisi proses pembelajaran baik untuk pendidik dan maupun siswa itu sendiri. Proses pembelajaran saat ini dituntut agar seorang guru mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dikelas. Guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Dilain sisi guru juga harus inovatif untuk menjawab tantangan perkembangan zaman.

    ReplyDelete
  18. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berikut mengenai pemetaan teori sosial, teori hakekat siswa, dan teori kemampuan siswa.
    1. Teori Sosial
    a. Industrial trainer: Rigid hierarky, market orioentation
    Siswa disiapkan untuk menjadi individu/ pemimpin yang keras dan mampu bersaing dengan individu lain di persaingan pasar dengan berbekal pelatihan dari yang telah dipelajari. strata pendidikan pada industrial trainer tidak begitu dipermasalahkan, tetapi individu harus siap menghadapi tantangan masa yang akan datang.
    b. Teknologikal pragmatis: hirarky
    berbeda dengan rigid hirarki, disini yang berprtestasi la yang dapat duduk menjadi pemimpin, sedangkan yang tidak memiliki kemampuan kurang diberi kesempatan untuk memimpin.
    c. Old Humanis: Hirarky Conservative
    Yang mampu melestarikan budaya lah yang dapat menjadi pemimpin.
    d. Progresif Educator: Welfare
    Sudah menganut kesejahteraan, pemimpin yang baik adalah yang mampu membangun negara sejahtera.
    e. Public educator: Un-Justice need a reform
    Sesuatu yang baik memerlukan perubahan.

    ReplyDelete
  19. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    2. Teori Hakekat siswa
    a. industrial trainer: Empty Vessel
    Siswa dianggap bejana kosong yang perlu diisi dengan pengetahuan dari sang guru
    b. teknological pragmatis: Empty Vessel
    c. Old Humanis: Character Building
    d. Progresif Educator: Student center
    e. Public educator: to develop grow seed plant

    ReplyDelete
  20. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    3. Teori kemampuan siswa
    a. industrial trainer: Talenta dan usaha
    b. Teknological pragmatis: talenta
    c. Old Humanis: Pengembangan Talenta
    d. progresif educator: Need
    e. Public Educator: Aspect of culture , relative.

    ReplyDelete
  21. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Dengan melihat tabel di atas, saya dapat menentukan hubungan antara pelatih Industri, Pragmatisme teknologi, humanis Old, Progressive Educator dengan public educator, Kejadian Mahasiswa, dan Teori kemampuan Mahasiswa. Benar sekali dan tampak jelas bahwa 2 kolom di kanan yaitu progressive educator dan public educator adalah yang terbaik karena mengembangkan konvstruktivisme dan realistikisme.

    ReplyDelete
  22. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Untuk masa sekarang, seharusnya pembelajar mampu beralh dari teacher center menjadi student center. Namun, pada praktiknya memang masih sulit karena kebiasaan lama guru dan belum adanya kesadaran penuh untuk melakukan inovasi. Sedikit demi sedikit harus bisa beruah untuk peningkatan dan perbaikan pendidikan karena student center akan menumbuhkan kemandirian siswa yang tentunya akan sangat berguna untuk menghadapi tantagan jaman.

    ReplyDelete
  23. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Pendidikan "teacher centered" seharusnya sudah tidak digunakan lagi saat ini. Mungkin pendidikan berpusat pada guru ini lebih menghemat waktu karena prosesnya hanyalalah transfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa. Namun pendidikan dengan cara ini akan membuat siswa bersikap pasif, tidak menimbulkan rasa keingintahuan, dan merasa terbelenggu karena tidak bisa mengembangkan kreativitas mereka. Pendidikan berpusat pada guru juga kurang menarik dan dirasakan sulit bagi siswa, karena mereka harus memahami apa yang guru mereka pikirkan dan katakan, padahal level pemikiran guru dan siswa jelas lah sangat berbeda.

    ReplyDelete
  24. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Pendidikan di Indonesia saat ini sedang berupaya untuk beralih dari pendidikan tradisional menuju ke arah pendidikan inovatif. Pendidikan tradisional merupakan pendidikan yang berorientasi pada teacher centered, sementara pendidikan inovatif berorientasi pada student centered. Pendidikan tradisional menganggap siswa sebagai tong kosong, oleh karena itu guru bertugas untuk mengisi tong kosong tersebut dengan sebanyak-banyaknya pengetahuan. Sehingga yang terjadi adalah guru menjelaskan atau melakukan transfer pengetahuan sebanyak-banyaknya kepada siswa. Sementara menurut pandangan pendidikan inovatif, siswa merupakan subjek belajar yang telah memiliki pengetahuan awal dan pengalaman awal, sehingga tugas guru di sekolah adalah untuk memfasilitasi dan membantu pengembangan potensi masing-masing siswa. Siswa lah yang membangun pengetahuan dalam diri mereka masing-masing.

    ReplyDelete
  25. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Character building mungkin menjadi salah satu rancangan yang bisa dipertembangkan di suatu negara untuk memajukan pendidikan karena dengan adanya pendidikan yang sudah maju akan sangat berarti dengan didukungnya karakter yang baik dari peserta didiknya. Jadi mereka cerdas akalnya dan santun budi pekertinya. Character building dapat akan memfasilitasi siswa dalam meningkatkan pola pikir yang positif dan kreatif, membangun kualitas diri yang efektif, serta membangun pola komunikasi yang baik. jika tanpa character building ini, dimungkinan merebaknya kenakalan remaja. Dalam membangun karakter siswa ada yang menyatakan dapat dilakukan dengan lima cara yaitu definition, discovery, dream, deisgn,

    ReplyDelete
  26. Lumaurridlo
    18701261010
    S3-PEP 2018

    Peta 2 - Peta Pendidikan Dunia _ Dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest

    pendidika adalah hak setiap warga negara. tujuannya adalah membekali setiap warga negara mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. caranya adalah disesuaikan dengan kebutuhan. antara kebutuhan dan kemampuan terkadang terjadi perbedaan. ini yang menjadi sebuah masalah. ketika kebutuhan meningkat, kemampuan belum mampu mencukupi. banyak faktor yang mempengaruhinya. misal, ketika akan mengajarkan internet, ternyata instalasi listriknya belum ada, atau perangkat pendukungnya belum ada. tentu saja ini menjadi kendala yang serius. meski begitu bahwa paradigma pendidikan yang berorientasi student centered harus tetap dikedepankan meski dengan segala keterbatasan.

    ReplyDelete
  27. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Peta 2 - Peta Pendidikan Dunia _ Dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest
    Peta 2 ini adalah lanjutan dari peta 1. Bila sebelumnya, kita dapat meninjau setiap era dari segi politik, matematika, dan nilai moral yang dianut, sekarang kita akan meninjau setiap era dari teori sosial, pandangan awal tentang siswa, dan teori kemampuan siswa. Pada era public educator, seharusnya kita memandang sebuah ketidakadilan masyarakat sebagai sesuatu yang harus diperbaiki atau direformasi. Selain itu, kita juga harus memandang siswa seperti sebuah biji tanaman yang harus ditumbuhkan atau dikembangkan. Kita juga harus menyadari bahwa kemampuan siswa itu berbeda-beda (relative). Siswa atau peserta didik dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal dapat terjadi jika seorang guru dapat menggunakan model, metode atau cara yang tepat dalam setiap materi yang diberikan sehingga akan menimbulkan pembaljaran yang efektif dan efisien.

    ReplyDelete