Nov 8, 2014

Hermenitika Hidup

Ass Wr Wb



Struktur Dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada; satu diantaranya adalah struktur yang saya gunakan untuk membuat diagram di bawah ini yang meliputi komponen berdimensi hirarkhi: material, formal, normatif, dan spiritual. Kita dapat membayangkan betapa banyak fenomena hermenitika yang terjadi jika kita menerapkannya pada setiap struktur yang ada dan yang mungkin ada. Pengantar ini saya buat untuk menghindari salah paham bahwa struktur hanyalah satu, atau hermenitika hanyalah satu. Selama kita masih di dunia dan masih bericara tentang urusan-urusan dunia maka kita mendapatkan Struktur yang bersifat plural. Oleh karena itu diagram berikut memang hanyalah 1 (satu) contoh dari yang ada dan yang mungkin ada. Selamat menyimak.
Ass Wr Wb


                                                 Diagram oleh Marsigit (2014)

52 comments:

  1. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Berdasarkan diagram Hemenitika Hidup yang telah dibuat oleh Pak Marsigit, erat hubungannya dengan ada yang mungkin ada karena struktur yang ada bersifat plural mengingat kita masih di dunia dan masih bericara tentang urusan-urusan dunia. Hal ini sejalan dengan objek filsafat yang ada dan yang mungkin ada. Apa yang ada adalah yang bisa dipikirkan. Semua yang pernah dipikirkan dan yang sedang dipikirkan adalah yang ada. Yang belum ada, lebih banyak lagi yaitu belum ada dipikiranmu dan dipikiran orang lain. Banyak sekali hal-hal yang belum ada dalam pikiran. Fungsi filsafat adalah mengadakan dari yang mungkin ada menjadi ada dalam pikiran masing-masing. Jika tidak aktif membaca dan tidak mendapat pertanyaan lalu apa? Karena objek dalam filsafat itu adalah semuanya, dari yang ada dan yang mungkin ada.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Pemahaman saya akan diagram yang ada dalam tulisan ini adalah hermenutika hidup memiliki teori yang berupa teks yang di interpretasikan secara siklik yang berarti dapat dimaknai berjalan sesuai dengan ruang dan waktu yang dilalui oleh manusia. Begitu juga komponen dimensi hirarki dalam hidup yaitu normatif, formal dan spiritual diterjamahkan dan menerjemahkan dengan proses siklik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dita Aldila Krisma
      18709251012
      PPs Pendidikan Matematika A 2018

      Tingaktan dalam hidup ini meliputi material, formal, normative, dan spiritual. Tingkatan ini menyatu dalam proses perjalanan hidup yang siklik dan linear. Apa pun yang terjadi, semua akan bermuara pada spiritual. Spiritual merupakan tingaktan yang tertinggi. Spiritualitas berkaitan denga cara hidup tertentu yang membawa orang keluar dari ego pribadinya.

      Delete
  3. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Struktur dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Yang ada secara nyata maupun yang ada dalam pikiran. Segala sesuatu yang ada harus berjalan sesuai dengan lintasan yang sudah ditntukan agar dapat mencapai tingkatan yang tertinggi yaitu tingkatan spiritual. Manusia yang bisa berjalan dan menjalani hidupnya dengan baik maka dapat mencapai tingkatan tertinggi. Namun jika manusia tersebut lupa dan terlena dengan kehidupannya dia akan tetap pada tingkatannya dan tidak bisa menggapai tingkatan tertinggi. Struktur kehidupan yang teratas hanya dapat ditempati oleh manusia-manusia yang selalu ingat dengan Tuhannya, selalu melakukan apa yang sudah menjadi tugasnya dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik lagi. Jika mereka hanya berbuat yang biasa-biasa saja maka mereka hanya bisa sampai pada struktur sedang. Perlu adanya usaha yang keras untuk dapat mencapai struktur yang tertinggi dan dapat memperoleh kehidupan yang lebih baik lagi.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  4. Hermenutika hidup dalam gambar ini merupakan konsep dari kehidupan manusia tentang menerjemahkan dan diterjemahakan yang meliputi empat aspek yaitu material, formal, normatif dan spiritual. Kemudian dijelaskan pula dalam gambar bahwa teori hermeneutika hidup tersusun atas lingkaran dan garis lurus, keduanya jika digabung akan membentuk sebuah spiral yang menggambarkan proses kehidupan. Garis lusur berarti kehidupan itu akan berjalan terus, waktu akan terus berjalan dan tidak akan pernah kembali. Sedangkan lingkaran maksudnya adalah kehidupan merupakan sebuah proses yang tidak ada habis-habisnya hingga hari akhir itu tiba, seperti pagi akan bertemu dengan pagi lagi. Sedang spiral adalah gabungan antara garis lurus dan lingkaran yang berarti kita harus memahami ruang dan waktu agar dapat saling menerjemahkan dan diterjemahkan antara empat aspek yang telah disebutkan di atas. Karena life is never flat, kadang kita berada dia atas, ada kalanya kita berada di bawah.

    ReplyDelete
  5. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Setelah melihat diagaram tersebut yang dapat saya ambil kesimpulan bahwa di dalam kehidupan dunia ini ada 4 hal yang menjadi landasan atau struktur kehidupan yaitu : spiritual, normatif, formal dan material. Nilai atau aspek kehidupan yang paling tinggi adalah aspek spiritual, hubungan kita dengan sang pencipta. Karena hidup yang sebenar-benar hidup adalah kehidupan yang berlandaskan ketuhanan.

    ReplyDelete
  6. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Hemenertika atau yang biasa kita istilahkan dengan menerjemahkan atau diterjamhkan. Dalam postingan ini dijelaskan bagaimana kita mampu memahami dan mengenal dunia dengan kaidah-kaidah yang telah tergambar. Pada postingan ini terdapat komponen yang berhirerarki yang harus dipahami mulai dari objek material, formal, normative hingga yang tertinggi spiritual. Dimana dalam hidup ini adanya fenomena siklik dan linear. Siklik artinya berputar, artinya kita akan bertemu hari sabtu akan ketemu hari sabtu nanti lagi. Dan linear artinya dalam hidup ini waktu terus terjalan, sehingga kejadian yang telah terjadi kemarin tidak dapat terulang kembali. Oleh karena jangan tunda amal-amal shaleh, segera laukakan kebaikan setiap harinya dan jauhilah keburukan karena kehidupann ini tidak akan terulang kembali dan akan berjalan terus sampai ketitik yang telah ditetapkan-Nya.

    ReplyDelete
  7. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    struktur dunia meliputi ada dan yang mungkin ada. hermenitika menjadi topik yang menarik dalam filsafat, karena topik ini menjadi yang paling dekat dengan kehidupan. Filsafat berbicara tentang ada dan yang mungkin ada, berbicara tentang apa yang terjadi didunia, tentang manusia, dan sering kali perbincangan itu bersifat abstrak. Dalam postingan ini dijelaskan sebelumnya komponen berdimensi hirarkhi: material, formal, normatif, dan spiritual. kemudian diperlihatkan di diagram tentang garis luru dan lingakaran kemudian bentuk spiral. Garis lurus dapat diartikan kehidupan linear yakni hidup ini akan terus berjalan. dan kehidupan siklik yakni dalam kehidupan ada hal-hal yang akan kita temui terus-menerus sampai akhir hayat, seperti pergantian hari.

    ReplyDelete
  8. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Diagram hermenitika di atas menggambarkan kehidupan kita yang bersifat plural, dimana objek kajiannya meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Dalam hermenetika kehidupan kita digambarkan dalam sebuah spiral, dimana hal tersebut menggambarkan bahwa kehidupan kita itu akan terus berputar, namun berputarnya itu tidak akan dalam keadaan yang sama. Hal tersebut terjadi karena adanya ruang dan waktu yang berbeda dalam kehidupan kita. Pada ruang dan waktu yang berbeda tidak mungkin kita bisa sama seperti pada ruang dan waktu sebelumnya. Jadi sesuatu yang sudah terjadi tidak akan terulang secara persis pada waktu yang akan datang. Oleh karena itu, yang harus kita lakukan yaitu terus berusaha untuk selalu melakukan kegiatan secara optimal.

    ReplyDelete
  9. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Hermenitika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Apakah pemahaman saya benar bahwa herminitika hidup itu berlandaskan pada spiritual, normatif, formal, dan material, prof?

    ReplyDelete
  10. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hermenetika dapat digambarkan sebagai garis spiral. Spiral berarti bergerak maju secara terus menerus, pergerakan tersebut melingkar tetapi tidak pernah menempati titik yang sama. Misalnya kita hidup tidak akan pernah menempati waktu yang sama, namun waktu yang kita lewati berulang, seperti senin kembali ke senin, dan seterusnya, hanya saja senin yang satu berbeda dengan senin yang satunya. Dalam kehidupan spiritual, kita bisa mengartikan hermenetika sebagai suatu keadaan ketika kita mengalami kegagalan terdapat istilah kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

    ReplyDelete
  11. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Hermeneutika hidup karya Prof. Marsigit digambarkan dalam bentuk spiral dari kiri ke kanan dan semakin membesar, terdapat dua aspek utama disana, yaitu teori dan praktik. Digambarkan bahwa praktik terletak di bawah dan yang terletak di atas adalah teori. Formal dibawah dan normatif diatas. Material dibawah dan spiritual diatas.

    ReplyDelete
  12. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Maksudnya adalah bahwa manusia hidup tidak langsung "ujug-ujug" mengenal teori, namun pasti memulainya dari sebuah kegiatan/praktik. Anak umur 1-2 tahun tidak mungkin diajarkan berjalan dengan teori berjalan. Namun mereka belajar berjalan dengan praktik langsung bukan teori. Selanjutnya bayi yang belajar makan tidak karena diajarkan teori makan, namun bayi sudah mempraktekkan makan. Secara bertahap, sesuai dengan perkembangan usia dan oleh pikir manusia, mereka akan mulai menyentuh ranah teori.

    ReplyDelete
  13. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Semua itu berputar membentuk spiral yang tak pernah putus. Maksudnya, dalam belajar pasti selalu diawali dengan praktik dan intuisi, lalu saat mencapai puncak pemahaman suatu konsep, maka kita akan menyentuh ranah teori. Namun saat bertemu dengan hal baru, maka kita memulainya kembali dari praktek dan intuisi. Begitulah seterusnya hingga akhir perjalana hidup manusia.

    ReplyDelete
  14. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hermentika hidup yang digambarkan oleh Prof Marsigit berupa gambar yang linear dan sikilik. Linear karena terus berkembang mengikuti jaman dan siklik yang berarti terus berulang. Artinya perkembangan jaman membuat hidup manusia diharuskan untuk berkembang dan proses pendewasaan manusia akan terjadi terus menerus selama hidup yang disesuaikan dengan ruang dan waktunya tanpa mengesampingkan aspek material, formatif, normatif, dan spiritual.

    ReplyDelete
  15. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Hermenitika Hidup merupakan suatu gambaran dari kehidupan manusia. Hermenitika Hidup meliputi empat aspek, yaitu aspek material, formal, normatif, dan spiritual. Hermenitika Hidup maksudnya hidup itu merupakan proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Dalam dunia pendidikan, seorang guru dapat memahami apa yang dipikirkan muridnya dan murid dapat memahami apa yang dipikirkan gurunya karena adanya proses saling menerjemahkan.

    ReplyDelete
  16. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Seperti apa yang diilustrasikan pada diagram hermenitika hidup di atas, dapat kita interpretasikan bahwa hermenitika hidup berupa garis lurus dan lingkaran, yang mana keduanya meliputi empat dimensi yaitu spiritual, normatif, formal, dan material. Garis lurus mengandung makna bahwa kehidupan itu berjalan terus sesuai dengan ruang dan waktunya, sedangkan lingkaran mengandung makna bahwa kehidupan itu tidak selamanya di atas melainkan terkadang kita berada di bawah dan juga kehidupan manusia terkadang berulang. Yang intinya adalah kehidupan manusia akan berjalan terus menerus dan memungkinkan suatu kejadian yang berulang berdasarkan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  17. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Hidup ini bersiat siklik dan linear. Siklus, bahwa hidup ini terus berputar atau memiliki kesamaan atau kemiripan dengan apa yang pernah ada. Linear, bahwa hidup ini terus berjalan maju atau ke depan, tidak bisa kembali lagi ke masa lalu. Misalnya, hari ini hari Rabu, satu minggu ke depan akan bertemu lagi hari Rabu. Namun, hari Rabu minggu depan dan hari Rabu sekarang berbeda, berbeda tanggal, bulan, yahun, jam, menit, dan detik. Adanya siklik dan linear ini, kita dapat mengambil value nya yaitu hidup hanya sekali maka harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin karena kesempatan yang sama tidak dating dua kali.

    ReplyDelete
  18. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Pada dasarnya, hermenetika hidup adalah sebuah proses, yaitu proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Semua yang ada itu saling menerjemah dan diterjemahkan. Siswa dan guru bisa saling memahami dan mampu berkomunikasi dengan baik ketika mampu melalui proses menerjemahkan dan diterjemahkan.

    ReplyDelete
  19. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Hidup itu meliputi empat aspek, yaitu aspek material, formal, normatif, dan spiritual. Sedangkan hermenitika hidup maksudnya hidup itu merupakan proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Semua hal dalam hidup pasti mengalami proses menerjemahkan dan diterjemahkan, hal sekecil apapun pasti mengalami proses tersebut.

    ReplyDelete
  20. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Selanjutnya, lingkaran berarti bahwa hidup itu berputar seperti roda, kadang seseorang berada di bawah dan di lain waktu berada di puncak. Aspek spiritual berada pada tingkatan teratas karena setiap manusia (bahkan yang tidak beragama) pasti berpedoman dan berpegang teguh pada Allah SWT dalam menjalankan hidupnya. Setiap manusia tidak akan mengalami hal yang sama persis dalam waktu yang berbeda. Gambar bumi dan gambar spiral mengartikan bahwa dunia itu isomorfis yaitu sesuatu yang kita pikirkan. Jadi seluas apa dunia yaitu seluas yang bisa kita pikirkan, akan tetapi tidak semua yang kita pikirkan sesuai dengan keadaan nyata atau keadaan yang ada di bumi sesungguhnya.

    ReplyDelete
  21. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Yang dapat saya maknai dari diagram hermenetika hidup karya Prof Marsigit tersebut adalah sesungguhnya kehidupan manusia di dunia itu memiliki dua struktur, yakni siklis dan linear. Linear berarti bahwa kehidupan ini akan terus berjalan lurus ke depan. Dari kemarin-hari ini-besok dan seterusnya. Sementara diagram siklis berarti bahwa kehidupan manusia di dunia juga bersiklus atau berulang. Misalnya: hari ini adalah hari Kamis, maka satu minggu lagi kita juga akan bertemu dengan hari Kamis; dulu waktu kecil manusia tidak bisa berjalan, lambat laun besok kalau sudah tua manusia akan kembali tidak bisa berjalan; dll. Adanya dua kesadaran tentang diagram hermenetika hidup ini seharusnya semakin meningkatkan pemahaman kita bahwa hidup itu tidak hanya berjalan lurus ke depan entah berakhir di mana, tetapi kita harus meyakini juga bahwa suatu saat kita akan kembali kepada-Nya.

    ReplyDelete
  22. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Berbagai pernyataan dalam hidup yang mengindikasikan kepada persepsi bermcam-macam yang berasal dari bermacam-macam pikiran yang belum tentu bisa menjadi satu kesatuan yang sama. Terciptanya berbagai persepsi dikarenakan saking banyak pikiran manusia yang berbeda-beda , bilapun ada yang sama itu hanya sekilas saja sama tapi maknanya berbeda. ada satu hal yang mempunyai makna sama bagi semua makhluk hidup yaitu bertahan hidup dari berkembangnya IPTEK yang bisa saja merampas segala inovasi dalam pikiran manusia. Sehingga bukannya mempermudah malah akan memperlambat kinerja dan akhirnya tidak berhasil berkembang.

    ReplyDelete
  23. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Hermenitika hidup manusia selalu berputar seperti spiral dari yang ada hingga yang mungkin ada. Semuanya berputar mulai dari material dari yang ada maupun yang mugkin ada ataupun sebaliknya. Begitupulah secara formal, normatif dari aturan yang ada dan yang mungkin, begitupun dari segi spritualisme iman manusia dapat berkembang dan menurun (naudzubillah min dzalik). Roda dunia memang terus berputar namun tetap menempatkan nilai spritualisme diatas segalanya. Terimakasih

    ReplyDelete
  24. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dari kacamata saya, hermenitika hidup adalah suatu cermin kehidupan manusia. Seperti terlihat pada diagram sebuah garis dan lingkaran. Garis mencerminkan kehidupan manusia yang hanya melewati sekali waktu saja, tak akan bisa kembali lagi. Sedangkan lingkaran mencerminkan kehidupan manusia di muka bumi ini yang selalu berputar.

    ReplyDelete
  25. Hendra B
    18701261008
    PEP S3 2018

    material, formal, normatif dan spiritual. Posisi spirittual berada pada posisi puncak. Yang dapat saya pahami bahwa hidup ini pada dasarnya adalah material menuju ke spiritualitas, hendaknya manusia yang menjunjung tinggi atau menomor satukan spiritual di atas seluruh yang ada pada kehidupan ini.

    ReplyDelete
  26. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Diaram di atas menggambarkan tentang kehidupan yang dijalani manusia dalam empat fase dan atau tingkatan. Pada fase awal (material) dan fase akhir (spiritual), strukturnya satu dan bersifat linier, menunjukkan bahwa hidup hanya sekali dan manusia adalah makhluk ciptakan Tuhan yang mesti menjalani kehidupannya semata-mata untuk kembali kepada-Nya. Sedangkan pada fase kedua (formal) dan fase ketiga (normatif) strukturnya plural sebab dalam menjalani kehidupannya, manusia dengan berbagai potensi (fisik dan nonfisik) yang dimilikinya (pemberian Tuhan) berhadapan dengan berbagai persoalan, yang kompleks. Kondisi kehidupan manusia laiknya roda yang berputar, satu waktu enak tapi di waktu yang lain tidak mengenakkan, satu waktu di atas (memiliki kuasa) tapi di lain waktu berada di bawah. Bahkan tidak jarang terjadi siklus, kejadian serupa (mirip tapi tidak persis sama) terjadi kembali (berulang). Dalam fase inilah, tantangan, hambatan, godaan yang kompleks dihadapi manusia dalam kehidupannya, terutama adanya perkembangan ipteks yang pesat. Untuk itulah, agar manusia bisa menjalani kehidupannya secara teratur dan mencapai tujuan hidupnya, manusia meski bisa memadukan hal formal dan normatif. Formal menjadi pedoman agar manusia dapat menjalani kehidupannya sesuai dengan aturan. Kemudian dilengkapi dengan normatif yang menjadi pedoman etisnya. Keduanya berangkat sekaligus bermuara pada hal spiritual (salah satunya agama). Ada satu ungkapan bahwa "ilmu tanpa agama adalah buta dan agama tanpa ilmu adalah pincang".
    Demikian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  27. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Objek filsafat adalah segala hal yang ada dan yang mungkin ada. Hal yang ada dan yang mungkin ada di dalam kehidupan dalam konteks ruang dan waktu. Kehidupan dibentuk dari struktur atau hermenitika yang tidak hanya satu, namun pada sesuatu yang kompleks atau plural. Konsep kehidupan dibentuk oleh komponen material, formal, normatif, dan spiritual. Maka hidup berjalan dengan aturan-aturan terkait, filsafat menjadikan segala yang ada dan mungkin ada di dalam kehidupan menjadi bermakna dibawah peraturan absolut dari Tuhan.
    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  28. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pendidikan matematika /D

    hermentika hidup berhubungan erat dengan interprestasi pemahaman semua yang ada dan yang mungkin ada. karena hidup ini ada maka hermentika hidup meliputi gambaran pemahaman kehidupan dengan struktur dimensi material, formal, normatif dan spiritual. dalam hermentika matematika terdiri atas garis pembelajaran lurus yang menunjukkan pembelajaran berlangsung terus dan melingkar yang maksudnya dapat mengulainya pada ruang dan waktu yang berbeda.

    ReplyDelete
  29. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Objek filsafat adalah yang ada dan yang mungkin ada. Dengan struktur hermenitika hidup, suatu awal adalah suatu akhir, apa yang salah sama dengan apa yang benar. Dengan mempelajari hermenitika hidup akan membuat seseorang menjadi lebih terbuka dengan proses kehidupan yang dihadapi. Kaitannya dengan pendidikan matematika, hermenitika hidup memiliki makna proses belajar yang harus terus berjalan seperti sebuah siklus atau lingkaran yang tidak memiliki ujung, namun siklus tersebut harus terus berkembang karena proses belajar tentunya akan menambah pengetahuan dan bidang yang dipelajari. Sehingga dalam proses belajar harus memperhatikan sampai mana proses belajar yang sudah dilalui siswa dan apa yang akan dipelajari siswa, terkait dengan materi prasyarat dan materi yang sedang dipelajari dalam kelas.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  30. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Hidup memiliki makna nilai, hal ini berperan sebagai hakikat harga diri dan keberlangsungan duniawi yang sebenarnya atau sejati. Makna nilai ditinjau dari makna filosofis adalah hakikat dari semua apa yang menjadi kehendak Tuhan yang tercurah dan terpendar kepada jiwa manusia. Nilai bisa diartikan sebagai patokan normatif yang memberi pengaruh manusia dalam menentukan pilihan serta cara-cara alternatifnya.

    Terimakasih Prof...

    ReplyDelete
  31. Hermawan Wahyu S
    Dikdas S3
    19706261012
    Asalamualaikum Wr Wb
    Hakikat hidup sebenar-benarnya adalah circle (melingkar/bulat/berputar) yang terus berproses untuk meruncing untuk mencapai tujuan. dalam ranah pengetahuan maksudnya adalah bahwa manusia hidup tidak langsung mengenal teori, namun memulai dari sebuah kegiatan/praktik secara bertahap, sesuai dengan perkembangan usia dan oleh piker manusia, mereka akan mulai menyentuh ranah teori.

    ReplyDelete
  32. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, hermeunitika dalam hidup sangat dekat hubungannya. filsafat bisa bicara tentang ada (metafisika), atau tentang terjadinya alam semesta, kejahatan, kebebasan, kematian, waktu, tentang apa itu manusia, kadangkala pembicaraan tentang hal yang bisa sangat abstrak sekali.
    oleh sebab itu dalam hidup, hermeunitika menurut diagram yang disajikan adalah tanda yang berjalan dapat siklis yang meluas, siklis yang mengerucut, dan linear begitu saling berhubungan satu sama lain. Di dalam kehidupan dunia ini ada 4 hal yang menjadi landasan atau struktur kehidupan yaitu : spiritual, normatif, formal dan material. Nilai atau aspek kehidupan yang paling tinggi adalah aspek spiritual, hubungan kita dengan sang pencipta. Karena hidup yang sebenar-benar hidup adalah kehidupan yang berlandaskan ketuhanan. Terimakasih.

    ReplyDelete
  33. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Secara etimologi, kata hermeneutik berasal dari bahasa Yunani hermeneuein yang berarti menafsirkan. Maka kata benda heremenia secara harfia dapat diartikan sebagai penafsiran atau interpretasi. Istilah ini diambil dari mitologi Yunani pada tokoh yang bernama Hermes. Menurut Jurgen Habermas pemahaman hermeneutik pada dasarnya membutuhkan dialog, sebab proses memahami adalah proses kerja sama dimana pesertanya saling menggabungkan diri satu dengan yang lainnya secara serentak dalam dunia kehidupan yang terdiri dari tiga aspek, yaitu dunia objektif, dunia sosial, dan dunia subjektif.

    ReplyDelete
  34. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Dalam peranannya hermenutika di dalam matematika tidak terlepas dari normative, aksiologism antropologis para filsuf untuk mendapatkan teori-teori di matematika yang sudah dipakai oleh generasi berikutnya sampai sekarang. Logika matematika mempunyai peranan hingga sampai era filsafat kontemporer di mana banyak para filsuf kemudian mempelajari logika. Logika matematika telah memberi inspirasi kepada pemikiran filsuf, kemudian para filsuf juga berusaha mengembangkan pemikiran logika. Dari pendekatan matematika realistic yang dilambangkan dengan iceberg menunjukkan matematika konkrit, yang di atasnya adalah model konkrit, kemudian di atasnya lagi ada mode formal, kemudian di paling atas terdapat matematika formal. Ini merupakan hermeneutika.

    ReplyDelete
  35. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Hermenitika dapat diartikan menerjemahkan atau diterjemahkan. Terdapat empat tingkatan hermenitika, mulai dari yang paling bawah tingkatannya yaitu material, formal, normatif, hingga yang paling tinggi tingkatannya yaitu spiritual. Seperti yang disampaikan oleh Pak prof, dalam hidup sangatlah dibutuhkan hermenetika. Hermenitika digambarkan dalam dua hal yaitu linear (tidak akan terulang) dan siklik (dapat terulang kembali). Kedua hal tersebut selalu berjalan beriringan.

    ReplyDelete
  36. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019

    Hermenetika diartikan sebagai salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Hermenetika hidup menurut saya dapat diartikan sebagai menginterpretasikan makna kehidupan. Dari diagram yang dibagikan oleh Prof. Marsigit, yang menjadi focus pertama saya adalah spiritual. Allah berfirman dalam Al- Qur’an Surah Adz-Dzariyat ayat 56:
    وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
    Yang artinya: “Tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah kepada-Ku”
    (QS: adz-Dzariyat;56)
    Manusia diciptakan di bumi untuk beribadah kepada Allah maka dalam hidup kunci utamanya adalah iman. Dengan agama hidup menjadi tenang. Terimakasih Prof sudah membagikan diagram tentang hermenetika hidup ini.

    ReplyDelete
  37. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Hermenetika bilamana digambarkan akan berbentuk seperti garis spiral. Spiral mempunya arti bergerak maju secara terus menerus, pergerakan tersebut melingkar tetapi tidak pernah menempati titik yang sama. Misalnya kita hidup tidak akan pernah menempati waktu yang sama, namun waktu yang kita lewati berulang, seperti kamis kembali ke kamis, dan seterusnya, hanya saja kamis yang satu berbeda dengan kamis yang satunya. Dalam ranah belajar, hermenetika selalu diawali dengan praktik dan intuisi, kemudian saat mencapai puncak pemahaman suatu konsep, maka kita akan menyentuh yang dinamakan teori. Namun saat bertemu dengan hal baru, maka kita memulainya kembali dari praktek dan intuisi. Dan proses ini terus menerus berlangsung sepanjang manusia hidup.

    ReplyDelete
  38. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Berarti menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Hermeneutik pada akhirnya diartikan sebagai ‘proses mengubah sesuatu atau situasi ketidaktahuan menjadi mengerti

    ReplyDelete
  39. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D

    Ketika kita berbicara tentang Hermeneutik, sebenarnya kita berbicara tentang diri kita sebagai animal-simbolicum, yaitu hewan yang berinteraksi satu sama lain, dengan menggunakan simbol animal simbolicum (konsep yang dikemukakan oleh Casire untuk menjelaskan apa itu manusia).

    ReplyDelete
  40. Assalamu'alaikum wr.wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    S2 PEP A 2019

    Hermeneutika hidup adalah pembahasan filsafat mengenai struktur dunia. dapat dilihat bahwa struktur dunia berbentuk spiral dengan bentuk terus berputar dan semakin maju. Artinya, kita menjalani hidup didunia sebaiknnya melalui siklus seperti spiral karena kita berputar terus dalam melewati segala pengalaman hidup kadang kita berada diatas dan berada dibawah sehingga kesombongan tidak terjadi. Pengalaman saat dibawah dijadikan motivasi untuk selalu berkembang maju akhirnya hidup kita menjadi semakin lebih baik.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  41. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Hermenitika bisa diartika sebagai lingkaran yang berputar. Dalam bahasa jawa disebut dengan cakra manggilingan. Secara geometris hidup manusia itu ada 3 macam bentuk yaitu spiral mengembang, spiral meruncing, dan spiral konstan, seperti pada gambar di atas. Berdasarkan prinsipnya hidup itu mengalir dan sebenar-benarnya hidup adalah terjemah dan menterjemahkan. Hidup tidak akan pernah menempati tempat yang sama, seperti bumi yang mengalami rotasi dan revolusi.

    ReplyDelete
  42. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Teori Belajar dan Mengajar ini dapat dijadikan sebagai acuan utama untuk dosen dan mahasiswa, sebab teori yang telah dipaparkan sebelumnya memang belum pernah ditemukan di berbagai referensi buku yang banyak dijumpai. Sehingga, dapat digunakan sebagai sumber acuan utama untuk menambah wawasan dan penulisan artikel ilmiah terkait kondisi pembelajaran di Indonesia.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  43. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Secara etimologis ada kata Hermeneuin dan Hermes. Hermeneuin adalah menerjemahkan atau menafsirkan, secara umum adalah membawa segala sesuatu yang ada di dalam kegelapan, ketempat yang lebih terang, hal yang tidak diketahui menjadi lebih diketahui. Sehingga jika kita berbicara tentang hermentika hidup maka artinya bagaimana kita menerjemahkan dan menafsirkan hidup. Ketika kita menerjemahkan hidup, kita menjadi tahu tentang hidup. Namun kita tidak hanya menerjemahkan hidup, tetapi kita juga perlu menafsirkannya agar paham mengenai hidup. Dalam diagram diatas disajikan bagaimana memahami hidup. Contohnya adalah seperti perputaran garis spiral yang semakin melebar, atau perputaran garis spiral yang semakin mengecil.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  44. Heriansyah
    19701261017
    PEP S3 2019

    Berbicara tentang Hermeneutik, adalah bicara tentang interpretasi dan bicara tentang hidup secara hermeunetis adalah bicara tentang memahami. Hidup manusia tidak pernah bisa lepas dari jarak makna, segala sesuatu yang kita lakukan mengandung makna, bukan saja teks tapi juga gerak-gerik isyarat, dsb. Makna inilah yan tidak boleh kita lihat dari satu sudut, satu struktur, satu dimensi. Semua ada dan mungkin ada, dan pastinya semuanya bermakna. Banyak hal yang melibatkan proses memahami dalam hidup kita yang multidimensi dan multi strruktur. Terimak kasih prof pencerahannya.

    ReplyDelete
  45. Syaiful Syamsuddin
    19701261002
    PEP S3 2019

    Assalamu alaikum wr.wb
    Kehidupan manusia terdiri dari berbagai struktur yang begitu kompleks berdasarkan aturan-aturan yang telah ada. Ada aturan agama (spiritual) di mana aturan tersebut datangnya langsung dari Tuhan melalui para utusannya yakni nabi dan rasul, ada aturan normatif yang menjadi kesepakatan antar manusia, ada aturan formal yang dibuat dan disahkan oleh manusia itu sendiri, serta ada pula aturan material di mana segala sesuatunya diukur dengan menggunakan uang, tidak ada lagi jasa gratis, semua jasa dinilai dengan uang. Kita sebagai manusia haruslah terus beradaptasi atas struktur-struktur tersebut. Jika kita tidak mampu beradaptasi, maka kita akan terancam oleh hukum seleksi alam di mana kita akan terlempar dari sistem kehidupan yang kompleks ini.

    ReplyDelete
  46. Hanifah nabila hendral
    S2 PEP A 2019
    19701251003
    Assalamualaikum
    Secara bahasa hermeneutika berasal dari bahasa Yunani hermeneuein yang berarti "menafsirkan", kata bendanya hermeneia yang berarti "penafsiran", dan hermeneutes yang berarti penafsir. Richad E Palmer mendefinisikan hermeneutika sebagai proses mengubah ketidaktahuan menjadi mengerti yang meliputi tiga hal yaitu menyatakan, menjelaskan dan menerjemahkan.

    ReplyDelete
  47. Hanifah nabila hendral
    S2 PEP A 2019
    19701251003
    Assalamualaikum
    hermeneutika adalah upaya menjelaskan suatu pesan agar dapat dipahami oleh si penerima pesan secara efektif dengan sebenar-benarnya. Hal demikian sesungguhnya terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Pesan tidak selalu berupa teks yang memiliki bahasa, melainkan bisa pula berupa peristiwa atau fenomena yang terjadi dalam kehidupan kita

    ReplyDelete
  48. Dea Armelia
    19709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Objek material meliputi segala sesuatu yang ada. Segala sesuatu itu adalah Tuhan, alam dan manusia. Bandingkanlah dengan ilmu empiris dan ilmu agama. Objek ilmu empiris hanya manusia dan alam. Ilmu empiris tidak mempermasalahkan atau mengkaji tentang Tuhan, tetapi ilmu-ilmu agama (teologi) sebagian besar berisi kajian tentang ketuhanan ditinjau dari perspektif dan interpretasi manusia terhadap wahyu atau ajaran para Nabi.

    ReplyDelete
  49. Dea Armelia
    19709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Objek formal (sudut pandang pendekatan) adalah dari sudut pandang hakikatnya. Filsafat berusaha untuk membahas hakikat segala sesuatu. Hakikat artinya kebenaran yang sesungguhnya atau yang sejati, yang esensial, bukan yang bersifat kebetulan. Sebagai contoh dapat dikemukakan di sini. Manusia sebagai objek kajian ilmu dan filsafat dapat dikaji dari berbagai sudut pandang. Manusia dapat dikaji dari sudut interaksinya dalam hidup bermasyarakat. Inilah sudut pandang sosiologi. Manusia juga dapat ditinjau dari sisi kejiwaannya. Inilah sudut pandang psikologi. Manusia dapat ditinjau dari perilakunya dalam memenuhi kebutuhan hidup yang cenderung tidak terbatas dihadapkan dengan benda-benda yang terbatas. Inilah sudut pandang ilmu ekonomi. Tetapi, manusia dapat pula dibahas dari sudut pandang yang hakiki. Inilah sudut pandang filsafat.

    ReplyDelete
  50. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 PM D 2019

    Terima kasih prof untuk tulisan ini, Alasan mengapa filsafat peduli dengan ruang dan waktu adalah agar kita para pembelajar filsafat mampu memperoleh kebahagiaan melalui olah pikir. Oleh karena itu haruslah bersahabat dengan kontekstual agar kita mampu menggapai hidup bahagia. Kebahagiaan dapat kita peroleh jika dalam hidup kita selalu memandang sesuatu dari sudut pandang material, formal, normatif dan spiritual, tidak terpaku pada definisi. Maka tetapkanlah hati kita sebagai komandan sebelum kita mengembarakan pikiran kita. Sesungguhnya jika kita mengembarakan pikiran kitanamun tak menjadikan hati/spiritual kita sebagai komandan, kemungkinan besar bisa jadi pikiran kitatak akan kembali lagi seperti sedia kala. Hal seperti itulah menunjukkan fenomena linear (lurus tak berujung). Oleh sebab itu, jika kita hanya mengandalkan pikiran saja, maka hidup kita akan linear seperti garis lurus, tidak mengerti hidupnya akan berhenti dimana, dan tak mampu kembali merefleksikan hidup dengan cara bersyukur. Namun sebaliknya jika hidupkita dikomandani oleh hati/spiritual maka pada setiap titiknya akan terjadi hermenitika kehidupan yaitu titik awal, selanjutnya fenomena menajam (dengan saintifik), kemudian fenomena mendatar (membudayakan), dan fenomena mengembang (konstruksi-membangun hidup).

    ReplyDelete
  51. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete