Nov 8, 2014

Hermenitika Hidup

Ass Wr Wb



Struktur Dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada; satu diantaranya adalah struktur yang saya gunakan untuk membuat diagram di bawah ini yang meliputi komponen berdimensi hirarkhi: material, formal, normatif, dan spiritual. Kita dapat membayangkan betapa banyak fenomena hermenitika yang terjadi jika kita menerapkannya pada setiap struktur yang ada dan yang mungkin ada. Pengantar ini saya buat untuk menghindari salah paham bahwa struktur hanyalah satu, atau hermenitika hanyalah satu. Selama kita masih di dunia dan masih bericara tentang urusan-urusan dunia maka kita mendapatkan Struktur yang bersifat plural. Oleh karena itu diagram berikut memang hanyalah 1 (satu) contoh dari yang ada dan yang mungkin ada. Selamat menyimak.
Ass Wr Wb


                                                 Diagram oleh Marsigit (2014)

3 comments:

  1. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Berdasarkan diagram Hemenitika Hidup yang telah dibuat oleh Pak Marsigit, erat hubungannya dengan ada yang mungkin ada karena struktur yang ada bersifat plural mengingat kita masih di dunia dan masih bericara tentang urusan-urusan dunia. Hal ini sejalan dengan objek filsafat yang ada dan yang mungkin ada. Apa yang ada adalah yang bisa dipikirkan. Semua yang pernah dipikirkan dan yang sedang dipikirkan adalah yang ada. Yang belum ada, lebih banyak lagi yaitu belum ada dipikiranmu dan dipikiran orang lain. Banyak sekali hal-hal yang belum ada dalam pikiran. Fungsi filsafat adalah mengadakan dari yang mungkin ada menjadi ada dalam pikiran masing-masing. Jika tidak aktif membaca dan tidak mendapat pertanyaan lalu apa? Karena objek dalam filsafat itu adalah semuanya, dari yang ada dan yang mungkin ada.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Pemahaman saya akan diagram yang ada dalam tulisan ini adalah hermenutika hidup memiliki teori yang berupa teks yang di interpretasikan secara siklik yang berarti dapat dimaknai berjalan sesuai dengan ruang dan waktu yang dilalui oleh manusia. Begitu juga komponen dimensi hirarki dalam hidup yaitu normatif, formal dan spiritual diterjamahkan dan menerjemahkan dengan proses siklik.

    ReplyDelete
  3. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Struktur dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Yang ada secara nyata maupun yang ada dalam pikiran. Segala sesuatu yang ada harus berjalan sesuai dengan lintasan yang sudah ditntukan agar dapat mencapai tingkatan yang tertinggi yaitu tingkatan spiritual. Manusia yang bisa berjalan dan menjalani hidupnya dengan baik maka dapat mencapai tingkatan tertinggi. Namun jika manusia tersebut lupa dan terlena dengan kehidupannya dia akan tetap pada tingkatannya dan tidak bisa menggapai tingkatan tertinggi. Struktur kehidupan yang teratas hanya dapat ditempati oleh manusia-manusia yang selalu ingat dengan Tuhannya, selalu melakukan apa yang sudah menjadi tugasnya dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik lagi. Jika mereka hanya berbuat yang biasa-biasa saja maka mereka hanya bisa sampai pada struktur sedang. Perlu adanya usaha yang keras untuk dapat mencapai struktur yang tertinggi dan dapat memperoleh kehidupan yang lebih baik lagi.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete