Nov 8, 2014

Hermenitika Hidup

Ass Wr Wb



Struktur Dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada; satu diantaranya adalah struktur yang saya gunakan untuk membuat diagram di bawah ini yang meliputi komponen berdimensi hirarkhi: material, formal, normatif, dan spiritual. Kita dapat membayangkan betapa banyak fenomena hermenitika yang terjadi jika kita menerapkannya pada setiap struktur yang ada dan yang mungkin ada. Pengantar ini saya buat untuk menghindari salah paham bahwa struktur hanyalah satu, atau hermenitika hanyalah satu. Selama kita masih di dunia dan masih bericara tentang urusan-urusan dunia maka kita mendapatkan Struktur yang bersifat plural. Oleh karena itu diagram berikut memang hanyalah 1 (satu) contoh dari yang ada dan yang mungkin ada. Selamat menyimak.
Ass Wr Wb


                                                 Diagram oleh Marsigit (2014)

3 comments:

  1. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Bagaimana kita menafsirkan hidup. Memahami siapa kita, sehingga selalu bersyukur atas hidup ini. Menjalani hidup yang sesuai dengan apa yang kita pikirkan agar menjadi pribadi yang ikhlas hati dan pikir dalam menghadapi segala hal. Nikmati setiap proses hidup yang diberikan Tuhan. Letakan spiritual pada tingkatan yang paling atas agar menjadi pribadi yang dewasa dalam bepikir dan bersika dalam menyikapi hidup ini.

    ReplyDelete
  2. Kehidupan yang seimbang adalah kombinasi antara yang spiritual dan yang material. Setidaknya demikian pulalah yang saya dapatkan dari pengajaran agama. Meninggalkan salah satunya bukanlah tindakan bagus yang dianjurkan, terutama karena mengupayakan keseimbangan antara keduanya juga akan membuat kita bisa meraih kebahagiaan dunia akhirat.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  3. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Hermentika hidup mengajarkan kepada kita untuk memahami siapa diri kita sebenarnya. Dengan mengetahui dan memahami siapa diri kita, kita menjadi lebih mensyukuri hidup dan dapat bersifat rendah hati. Dengan memiliki sikap rendah hati, kita lebih bisa memaknai hidup lebih baik lagi. Selain itu, kita juga perlu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk meningkatkan spiritual kita agar hidup kita menjadi lebih bermakna.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.