Nov 8, 2014

Hermenitika Hidup

Ass Wr Wb



Struktur Dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada; satu diantaranya adalah struktur yang saya gunakan untuk membuat diagram di bawah ini yang meliputi komponen berdimensi hirarkhi: material, formal, normatif, dan spiritual. Kita dapat membayangkan betapa banyak fenomena hermenitika yang terjadi jika kita menerapkannya pada setiap struktur yang ada dan yang mungkin ada. Pengantar ini saya buat untuk menghindari salah paham bahwa struktur hanyalah satu, atau hermenitika hanyalah satu. Selama kita masih di dunia dan masih bericara tentang urusan-urusan dunia maka kita mendapatkan Struktur yang bersifat plural. Oleh karena itu diagram berikut memang hanyalah 1 (satu) contoh dari yang ada dan yang mungkin ada. Selamat menyimak.
Ass Wr Wb


                                                 Diagram oleh Marsigit (2014)

7 comments:

  1. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hermenitika hidup adalah mengenai menerjemahkan dan diterjemahkan. Setiap hal dalam hidup ini saling diterjemahkan dan menerjemahkan. Hidup ini terdiri atas empat aspek yaitu aspek material, formal, normatif dan spiritual. Jika manusia hidup hanya untuk urusan dunia, ia hanya menerjemahkan dan diterjemahkan oleh segala urusan dunia, maka ia berhermenitika pada aspek material. Tapi ingatlah bahwa manusia hidup untuk beribadah kepada Allah SWT. Maka setinggi-tinggi berhermenitika hidup adalah berhermenitika pada aspek spiritual. Untuk menggapai hal tersebut, maka manusia selalu berusaha meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Hermeneutika berasal dari kata kerja dalam bahasa Yunani hermeneuien yang berarti menafsirkan, memberi pemahaman, atau terjemahan. Sedangkan hermeneutika hidup bisa dimaknai menerjemahkan dan diterjemahkan. Misalnya saja dalam proses pembelajaran, seorang guru seharusnya bisa dengan baik menerjemahkan semua ilmu yang dia dapat agar bisa diterima oleh siswanya dengan baik, begitu juga sebaliknya siswa sebaiknya juga menerjemahkan apa yang dimaksudkan oleh gurunya. Sehingga dalam kehidupan ini dapat berjalan dengan seimbang, baik itu menerjemahkan maupun diterjemahkan. Untuk gelombang yang berbentuk spiral tercantum itu pun bisa dimaknai sebagai kehidupan ini yang seperti roda, adakalanya kita harus dipahami, adakalanya pula kita harus memahami. Semua itu tetap harus kita imbangi dengan spiritual agar arah dan tujuan hidup kita tidak goyah akan semua cobaan yang datang menghampiri.

    ReplyDelete
  3. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Hermenentika sudah dijelaskan oleh bapak marsigit adalah “bergoyang-goyang”, maksudnya adalah sikap menerima tentang suatu informasi tidak mentah-mentah, memikirkan kembali dengan logika. Seperti yang sudah Prof Marsigit sampaikan bahwa jika ingin mengetahui latar belakang pendidikan dan landasan pendidikan serta masa depan pendidikan. Itu wadahnya tidak lain dan tidak bukan adalah filsafat pendidikan. Untuk mengetahui filsafat pendidikan maka belajarlah filsafat. maka peran filsafaat sangat berperan dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  4. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    kita tahu bahwa Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa yunani hermeneuien yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Semua itu dilandasakan atas normatif, formal dan material yang mana ketiga itu unsur yang membangun hermenitika itu sendiri, yang man aibjek amterila berada dibawah sebagai pondasi lalu ke formal dan yang paling teratas adalah normatif. Ketiga itu lalau di intrepretasikan menghasilkan suatu ipengetahuan yang baru.

    ReplyDelete
  5. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kurva yang Bapak buat menjadi sebuah gambaran hermenitika hidup. Pertama, hidup itu cenderung linier seperti panah. Karena hidup di dunia bersifat terus maju dan tidak bisa kembali. Kemudian hidup ini berjalan dengan pola yang sama atau berputar seperti lingkaran dimana pagi ketemu pagi, siang ketemu siang dan sebagainya. Kita menjalani hidup secara siklik. Namun yang membedakannya ialah perkembangan apa yang terjadi setiap harinya, perkembangan inilah yang kemudian menentukan apakah kurva linier kita mengembang atau tidak.

    ReplyDelete
  6. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Saya meyakini betul bahwa setiap kegiatan manusia adalah berhemenetika dalam memikirkan semua yang ada dan yang mungkin ada. Perjalanan kehidupan manusia memanglah tidak lurus, tetapi berbentuk spiral yang menunjukkan adanya perubahan pada setiap perubahan ruang dan waktu pula. Hal ini mencakup formal, material dan spiritual nya pula.

    ReplyDelete
  7. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Seperti yang disampaikan Pak Marsigit saat kuliah etnomatematika, hermenetika atau silaturahim adalah mempertemukan apa yang ada di langit dengan apa yang ada di bumi. Apa yang ada dipikiran diinterpretasikan dalam dunia nyata agar menyempurnakan ilmu.

    ReplyDelete