Nov 8, 2014

Hermenitika Hidup

Ass Wr Wb



Struktur Dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada; satu diantaranya adalah struktur yang saya gunakan untuk membuat diagram di bawah ini yang meliputi komponen berdimensi hirarkhi: material, formal, normatif, dan spiritual. Kita dapat membayangkan betapa banyak fenomena hermenitika yang terjadi jika kita menerapkannya pada setiap struktur yang ada dan yang mungkin ada. Pengantar ini saya buat untuk menghindari salah paham bahwa struktur hanyalah satu, atau hermenitika hanyalah satu. Selama kita masih di dunia dan masih bericara tentang urusan-urusan dunia maka kita mendapatkan Struktur yang bersifat plural. Oleh karena itu diagram berikut memang hanyalah 1 (satu) contoh dari yang ada dan yang mungkin ada. Selamat menyimak.
Ass Wr Wb


                                                 Diagram oleh Marsigit (2014)

46 comments:

  1. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Di dalam Hermeneutika terdapat dua unsur dasar, yaitu lurus dan melingkar. Lurus karena kita tidak pernah mengulangi hal yang sama semuanya menembus ruang dan waktu. Dan dikatakan melingkar karena adanya interaksi. Hermeneutika ini juga dapat diartikan bahwa suatu cara menerjemahkan dan diterjemahkan tentang segala hal apapun. Mengenai metode tersebut, terdapat nilai-nilai yang tersirat yang terkandung di dalamnya. Implementasi dari metode hesmenetika dalam proses pembelajaran matematika ini diharapkan siswa dapat mengeksplor potensi kecerdasan maupun intelektualnya lebih mendalam, sehingga siswa dapat mandiri dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  2. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Hermenitika Hidup merupakan suatu gambaran dari kehidupan manusia. Hermenitika Hidup meliputi empat aspek, yaitu aspek material, formal, normatif, dan spiritual. Sedangkan Hermenitika Hidup maksudnya hidup itu merupakan proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Dalam dunia pendidikan, seorang guru dapat memahami apa yang dipikirkan muridnya dan murid dapat memahami apa yang dipikirkan gurunya karena adanya proses saling menerjemahkan.

    ReplyDelete
  3. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Manusia pasti selalu melakukan kegiatan berpikir, bahkan ketika seseorang sedang melamun, pasti dia sedang memikirkan sesuatu. Dalam proses berpikir, pasti melibatkan pengetahuan yang telah diketahui dari pengalaman baik pengalaman langsung maupun tidak langsung. Akan tetapi pikiran kita terkadang tidak selalu lurus, terkadang melenceng terlalu jauh sehingga menyebabkan kita menjadi berpikiran negatif/jelek. Hal tersebut sebaiknya di hindari dengan membiasakan diri untuk selalu berpikiran yang baik/positif.

    ReplyDelete
  4. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hermenetika atau interaksi atau silaturahmi merupakan kegiatan yang mempertemukan antara yang ada di langit dan yang ada di bumi. Yang ada di langit adalah teori, sedangkan yang ada di bumi adalah praktik. Artinya, dalam hidup, kita memiliki teori-teori yang kita yakini. Kemudian, selain memiliki teori, kita juga melakukan praktik atau kegiatan. Dalam hal ini, teori yang diyakini dan praktik yang dilakukan harus selalu sesuai satu sama lain. Sehingga, setiap kegiatan yang dilakukan akan dapat dipercaya dan berlangsung secara terus menerus.

    ReplyDelete
  5. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hermenetika hidup adalah proses silaturahmi antara langit dan bumi. Yaitu antara spiritual, normatif, formal, dan material, atau antara teori dan pengalaman agar terwujud kehidupan yang seutuhnya . Bahwa teori-teori yang ada tidak akan bermanfaat tanpa praktik atau pengalaman, dan pengalaman tanpa praktik juga tidak akan bermakna.

    ReplyDelete
  6. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017
    Terima kasih banyak Pak Prof. Marsigit.
    Setelah membaca materi diatas, saya mencoba merenungi bahwa pemahaman saya selama ini adalah Hermeneutika sebagai penafsiran/penerjemahan berkaitan dengan masalah yang timbul saat berhadapan dengan tindakan manusia yang bermakna dan produk-produk yang dihasilkan olehtindakan itu, dan biasanya adalah teks walaupun tidak selalu terkadang bisa juga seni atau yang lainnya.

    ReplyDelete
  7. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    Ketika melihat Hermeneutic cycle, sepemahaman saya, berdasarkan masalah-masalah, pengetahuan yang didapat, manusia akan menciptakan interpretasi-interpretasi yang mungkin berbeda, sesuai dengan masalah atau pengetahuan yang dijumpai ketika itu.Pemikiran-pemikiran yang terus berkembang di berbagai aspek inilah yang membuat status manusia berada di tingkatan yang berbeda.

    ReplyDelete
  8. Junianto
    17709251065
    PM C

    Hermenetika Hidup merupakan suatu gambaran dari kehidupan manusia. Hidup itu melputi empat aspek, yaitu aspek material, formal, normatif, dan spiritual. Sedangkan hermenitika hidup maksudnya hidup itu merupakan proses menerjemahkan dan diterjemahkan atau saling menterjemahkan. Dengan saling menterjemahkan, maka setiap orang akan paham apa yang dimaksud orang lain ketika berinteraksi dengannya, sehingga proses yang lain pun dapat berjalan dengan seimbang.

    ReplyDelete
  9. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Hidup mempunyai sebuah proses untuk mencapai hal yang manusia inginkan. Manusia memiliki kewajiban beribadah. Setiap hal yang dilakukan oleh manusia akan bermanfaat jika ada niat ikhlas dalam melakukannya dan niat untuk ibadah. Manusia harus mengatur dengan seimbang atau menjaga keseimbangan antara kebutuhan dan kewajiban dunia dan akhirat. Hal pertama yang akan didapatkan manusia jelas pasti akan berupa sebuah mateerial yang akan tampak nyata dan bisa dimanfaatkan sebagai apa saja, kemudian normatif yakni berasal dari persaaan dan direspon oleh perasaan dan ditindaklanjuti oleh perbuatan sehingga terciptalah formal yang mengatur beberapa aspek kehidupan.

    ReplyDelete
  10. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035

    Postingan ini adalah gambar tentang hermeneutika hidup karya Prof. Dr. Marsigit, M. A. Hermeneutika hidup yang digambarkan dalam gambar ini terdiri dari dua aspek, yaitu spiritual dan material. Digambarkan bahwa material terletak di bawah dan yang terletak di atas adalah spiritual. Yang dapat saya simpulkan bahwa hidup ada yang bersifat linear ada yang bersifat siklik. Untuk linear disebutkan bahwa hidup berawal dari material menuju ke spiritual, dan untuk siklik menunjukkan bahwa hidup berputar, dari material, menuju ke siklik, menuju ke material lagi, menuju ke siklik lagi hingga seterusnya tanpa putus.

    ReplyDelete
  11. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Hermenetika dapat digambarkan sebagai garis spiral. Spiral berarti bergerak maju secara terus menerus, pergerakan tersebut melingkar tetapi tidak pernah menempati titik yang sama. Misalnya kita hidup tidak akan pernah menempati waktu yang sama, namun waktu yang kita lewati berulang, seperti senin kembali ke senin, dan seterusnya, hanya saja senin yang satu berbeda dengan senin yang satunya. Dalam kehidupan spiritual, kita bisa mengartikan hermenetika sebagai suatu keadaan ketika kita mengalami kegagalan terdapat istilah kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda

    ReplyDelete
  12. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Mohon maaf, pak Prof. Saya terganggu dengan istilah "Hermenitika". Apakah yang dimaksud di situ adalah "Herme(neu)tika"? Atau, apakah istilah " hermenitika" memiliki artinya sendiri?
    Wassalam.

    ReplyDelete
  13. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A 2017

    Hidup memiliki empat komponen yaitu material, formal, normatif dan spiritual. Maka aspek tertinggi adalah spiritual, karena hidup kita semata-mata untuk kembali kepada-Nya. Namun urusan dunia juga tak bisa diabaikan. Karena itu di dalam hidup, manusia selalu mencari arah baru untuk dituju. Untuk menemukan arah yang tepat, manusia haruslah memiliki pengertian yang tepat pula. Hanya dengan memahami diri secara tepatlah manusia bisa mewujudkan potensi-potensinya seoptimal mungkin agar tercipta keselarasan antar komponen.

    ReplyDelete
  14. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika

    Bismillah

    mengamati diagram diatas tentang Hermeneutika hidup, yang saya tangkap disini mengenai garis lurus dan lingkaran itu seperti yang bapak jelaskan di kelas mata kuliah Filsafat ilmu, bahwa siklis itu menggambarkan reinkarnasi, contohnya jika hari ini bapak mengajar dikelas kami, dan minggu lalu bapak juga mengajar di kelas kami, maka bapak saat ini merupakan reinkarnasi dari bapak minggu lalu. begitu juga dengan garis lurus itu, menggambarkan bahwa dalam hidup itu ada hal-hal yang terus berlanjut dan idak akan pernah berulang.

    ReplyDelete
  15. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Hermenitika hidup mengandung point-point penting dari unsur-unsur kehidupan, terutama spritual.
    hidup harus dilandasi keyakinan penuh terhadap pencipta, karena kita hanyalah sebuah pion yang kapanpun bisa gugur jikalau sang pencipta sudah merindukan kita. Maka dari itu perlu selalu intropeksi diri sejauh mana kita telah mempersiapkan diri kita dari segala apa yang diperlukan kelak.

    ReplyDelete
  16. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Hermeneutika hidup dapat diartikan sebagai memaknai hidup. Cara orang memaknai hidup berbeda-beda. Namun makna kehidupan telah tertuang ke dalam beberapa dimensi hierarki yang telah disebutkan oleh Prof Marsigit dalam diagram pada postingan ini, yaitu spiritual, normatif, formal, dan material. Ada orang yang memaknai hidup dengan lebih mencondongkan diri ke aspek spiritual. Orang tersebut akan banyak mengaitkan kehidupannya, hal-hal yang dilakukannya, dan memandang kehidupan dari sudut pandang spiritual. Ada orang yang memaknai hidup dengan lebih mencondongkan diri ke aspek material. Yang dicari orang tersebut adalah material yang mungkin memenuhi dan melengkapi kebutuhan hidupnya secara fisik bahkan psikis. Namun hidup yang sebenarnya menurut saya adalah dengan menghadirkan makna yang baik dimana pun, kepada siapa pun atau apa pun. Secara logis, spiritual, normatif, formal dan material saling berkaitan. Norma-norma yang ada tentunya hadir dari ajaran spiritual yang mendekatkan diri dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  17. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Sebagai ilmu yang menetapkan suatu prinsip, aturan, atau panduan yang digunakan untuk mengartikan suatu karya, hermeneutika berkembang mengikuti perkembangan pemikiran manusia yang tidak berhenti mempelajari sesuatu lebih dalam. Beberapa ahli filsafat bahkan membagi hermeneutika berdasarkan fungsinya. Diagram yang disajikan pada artikel ini adalah satu dari sekian struktur yang ada, menggambarkan bahwa kehidupan tak lain adalah suatu siklik yang terus menerus menuntut untuk menginterpretasikan ilmu ke dalam praktik kehidupan, begitu seterusnya.

    ReplyDelete
  18. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Hermenetika hidup yang paling tinggi derajatnya adalah spiritual dimana kebenaran hakiki itu berada. Dibawah spiritual, terdapat aturan-aturan yang sifatnya normatif dimana aturan-aturan ini yang mengatur kehidupan kita di dunia. Dibawah normatif ada formal dimana formal disini merupakan aturan yang dibuat oleh manusia agar kehidupan di dunia berjalan dan selaran dengan lingkungan mereka. Lalu yang paling dasar adalah material. Inilah yang berada di dunia ini. Segala hal yang ada dan mungkin ada. Mungkin ini sedikit pemahaman saya mengenai gambar yang disajikan bapak. Terimakasih.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  19. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Terimakasih banyak pak sebelumnya.Objek materi sebagai sesuatu yang abstrak, psikis.Termasuk pula pengertian abstrak-logis, konsepsional,spiritual, dan nilai-nilai.Dengan demikian objek filsafat tak terbatas, yakni segala sesuatu yang ada dan mungkin ada.Jika dikaitkan dengan spiritual bahwa tujuan hidup manusia yaitu membangun hubungan individu dan masyarakat serta alam juga mengenai masalah nilai, baik mengenai norma yang ada dalam masyarakat maupun yang merupakan norma kesusilaan dan agama.Jadi tujuan hidup manusia membangun hubungan, baik dengan yang vertical (dengan Tuhan) maupun yang horizontal (sesama manusia, dan hubungan dengan alam sekitar).Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  20. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Hermenetika mencakup spiritual, normatif, formal, dan material yang saling menerjemahkan dan diterjemahkan. Keempat komponen tersebut ada dalam kehidupan kita dengan lintasan spiral yang melambangkan bahwa semua bersifat divergen. Hal ini untuk menuju keseimbangan dalam hidup

    ReplyDelete
  21. Nama : I Nyoman Indhi Wiradika
    NIM : 17701251023
    Kelas : PEP B

    Berdasarkan diagram di atas, saya memahami bahwa hermeutika hidup memiliki dimensi Material, formal, normatif, dan spriritual. Secara hirarkis saya mengawali dari Dimensi Material yaitu bagaimana cara orang memaknai benda-benda di sekitar kita. Dimensi Normatif yaitu cara ideal untuk memaknai benda tersebut. Normatif yaitu memaknai dengan pengalaman etis, selanjutnya Spiritual yaitu menjaga pemaknaan agar tidak keluar dari koridor yang menyebabkan manusia menjadi sengsara.

    ReplyDelete
  22. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Komponen kehidupan terdiri dari 4 dimensi, yaitu dimensi material, formal, normatif dan spiritual. Keempat dimensi tersebut saling berkaitan dan berhubungan. Atau dalam artian salaing menterjemah dan menerjemahkan. Dari Keempat dimensi tersebut dimensi spiritual menempati posisi paling tinggi, hal ini memiliki makna bahwa keberadaan dan kekuasaan Tuhan merupakan tempat tertinggi dalam kehidupan. Sehingga jika dalam kehiduapan ini kita tidak membolak-balikkan runtutan dimensi kehidupan yang ada, maka mudah-mudahan kehidupan yang kita jalani dapat berjalan dengan baik.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  23. Tri Wulaningrum
    17701241042
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas ilmu yang diberikan lewat postingan ini

    Hermenetika hidup. Hidup adalah terjemah dan menterjemahkan, melihat sesuatu tergantung ruang dan waktunya. Hidup adalah menterjemahkan, maka kita juga harus ikhlas diterjemahkan.

    Melalui diagram di atas, saya melihat bahwa hermenitika hidup memiliki empat dimensi, yaitu dimensi Material, dimensi formal, dimensi normatif, dan dimensi spriritual. Kebenaran yang absolut dan tak terbantahkan ada pada dimensi spiritual. Maka tiadalah kebenaran yang selamanya benar selain kebenaran dari Yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
  24. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Hidup manusia meliputi empat aspek didalamnya, yaitu: aspek material, aspek formal, aspek normatif, dan aspek spiritual. Dalam hidup manusia seharusnya dapat berinteraksi dengan manusia lain, agar segala sesuatu dapat berjalan dengan lebih lancar. Interaksi antar manusia akan tercapai jika manusia dapat saling menerjemahkan (proses menerjemahkan dan diterjemahkan). Proses saling menerjemahkan inilah yang kemudian dinamakan hermenitika hidup, sehingga hermenitika hidup adalah suatu gambaran tentang kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  25. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Hermenitika menurut wikipedia adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna, jadi bisa kita katakan bahwa segala sesuatu yang ada dan terjadi di kehidupan ini memiliki makna dan bisa dimaknai. Hermenitika yang saya pahami menurut penjelasan prof Marsigit dalam perkuliahan yaitu bahwa hermenitika itu mengalir, sesuai dengan ruang dan waktunya menggunakan pola sumbu tiga dimensi spiral, maju berkelanjutan linier dan siklik. Hidup kita ini ada sumbu linier ada sumbu siklik, alasan linier adalah kita tidak bisa mengulangi tahun ini bulan ini tanggal ini jam ini detik ini sedangkan alasan siklik yaitu kita kembali menemui hari yang sama misalnya selasa namun sudah berbeda dimensi ruang dan waktunya. Siklik digabung dengan linier jadi spiral maju berkelanjutan, bahwa itulah sebenar-benarnya lintasan bumi mengelilingi matahari yaitu merupakan kodrat sunatullah, kodrat dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  26. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Seperti yang telah disebutkan oleh mbak Andi pada komentar di atas bahwa heremenitika mempelajari tentang intrepretasi makna. Jadi berdasarkan gambar pada postingan di atas,bahwa dalam kehidupan ini terdapat empat dimensi yakni dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Sehinggga apa saja yang ada dan mungkin ada di kehidupan ini dapat dimaknai dari sisi material, formal, normatif, dan spiritualnya. Misalnya makanan. Ditinjau dari materialnya makanan terbuat dari berbagai Sumber Daya Alam (SDA). Ditinjau dari formalnya makanan merupakan kebutuhan manusia untuk mempertahankan kehidupannya. Dtinjau dari normatif makanan merupakan mengandung zat-zat karbohidrat, protein, lemak, mineral, zat besi, dan lain-lain. Ditinjau dari segi spiritual, makanan merupakan penunjang agar manusia dapat beribadah kepada Allah SWT. Bukan hanya makanan, hal yang ada dan mungkin ada di dunia ini dapat dimaknai berdasarkan keempat dimensi tersebut (hermenitika hidup).

    ReplyDelete
  27. Junianto
    17709251065
    PM C

    Hermenetika hidup bisa di artikan sebagai proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Dengan konsep ini berarti setiap orang mampu memahami satu sama lain. Harapannya, setiap orang bisa saling menghormati dan menghargai karena saling mengetahui apa yang dimaksud masing-masing individu. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan kehidupan yang aman dan damai.

    ReplyDelete
  28. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Hermenitika mempunyai pengertian sebagai intrepetasi makna. Maka hermenitika hidup artinya interpretasi makna dalam kehidupan. Dari skema di atas dapat diketahui bahwa hermenitika hidup di dunia ini ada yang bersifat spiral, normatif, material dan formaal. Setiap sifat dari hermenitika tersebut memiliki fokusnya masing-masing. Dari keempat sifat tersebut Indonesia menganut hermenetika hidup spiral, yang artinya berfokus pada spiritual.

    ReplyDelete
  29. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Ranah paling tinggi dalam hermenitika hidup adalah spritual yang merupakan sebuah kebenaran yang bersifat multak dan tidak dapat diubah oleh satu manusia pun. Barulah di bawahnya ada normatif, formal dan material yang mana dapat diciptakan dan diubah oleh manusia seiring dengan berkembangnya peradaban.

    ReplyDelete
  30. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Keempat tingkatan dalam hermenitika hidup harus berjalan beriringan agar tercipta tujuan bersama. Adanya ketimpangan dari salah satu aspek maka akan berdampak pada ketidakseimbangan kehidupan.

    ReplyDelete
  31. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Hermeneutika Hidup mencakup hubungan antara langit dan bumi, dari Material, Formal sampai Spiritual, Hermeneutika Hidup juga mencakup hubungan sesama makhluk hidup, dari interpretasi sampai text (karna dunia sekarang adalah Bahasa), Hermeneutika Hidup juga mencakup antara Harapan dan kenyataan.

    ReplyDelete
  32. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Hermeitika hidup merupakan salah satu gamabaran kehidupan manusia, yang manan digambarkan dengan garis dan spiral. Hermentitika hidup yang berbentuk garis maksudnya adalah pengalaman yang tidak dapat terulang kembali. Sedangkan hermenitika hidup berbentuk spiral adalah pengalaman hidup yang terjadi berulang kali.

    ReplyDelete
  33. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Hermenetika digambarkan dengan dua garis yaitu garis lurus dan garis spiral. Garis lurus menggambarkan waktu yang terus berjalan ke depan. Sedangkan garis spiral menggambarkan bahwa dalam perjalanan waktu tersebut pasti ada pengulangan dalam kehidupan manusia. Misalnya, hari ini hari selasa, maka 7 hari lagi kita akan mengulang hari selasa juga namun hari selasa sekarang dengan hari selasa minggu depan berbeda oleh karena itu yang ada dan yang ada di bumi dikatakan bersifat plural.

    ReplyDelete
  34. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Sedangkan dalam memandang obyek filsafat, yaitu yang ada dan yang mungkin ada, kita memiliki 4 hirarki, yaitu material, formal, normatif dan spiritual. Hirarki ini bertingkat dari material kemudian keatas sampai spiritual. Material ini menggambarkan obyek filsafat dari yang ada di bumi dan menuju yang paling atas yaitu spiritual adalah kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  35. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas bagan hermenetika hidup diatas. Dalam bahasa Yunani, “hermeneunein” berarti menginterpretasi, menerjemahkan, atau menafsirkan. Saya setuju dengan bagan yang dibuat oleh bapak. Penafsiran hidup memang harus megutamakan spiritual diatas segala-galanya. Keutamanan spiritual memang menjadi kunci keberlangusngan hidup kita berikutnya, karena Tuhan lah yang berkuasa dan mengatur segala yang terjadi dalam hidup kita. Dimensi spiritual meliputi normatif, formal dan material. Posisi kedua, dimensi normatif yang berada dilingkungan sosial masyarakat juga menjadi pegangan hidup guna menjaga adab dan perilaku kita dengan sesama. Kemudian, dimensi formal juga mencakup banyak hal, formal dalam diri sendiri, dalam keluarga, hubungan suami istri,, bertetangga, bermasyarakat, dan lain sebagainya. Dan yang terakhir adalah dimensi material, yakni bagaimana manusia melihat dan memaknai benda-benda disekitar mereka. Ada yang rakus, ada yang dermawan, ada materialistik, ada yang bersyukur, ada yang tidak mengejar kekayaan harta, dan lain sebagainya. Antara satu dimensi-dimensi saling melengkapi, dan semuanya saling berkorelasi selama kita hidup. Banyak sekali pesan jika kita mau memaknai hidup. Itulah sebaik-baik manusia. Sebenar-benar filsafat adalah menggapai logos, artinya kita perlu berpikir dan berusaha dalam menjaga keseimbangan interaksi 4 dimensi tersebut agar kita hidup dalam ketidaksia-siaan. Wallahualam bishowab.

    ReplyDelete
  36. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B 2017

    Hermenetika dibagi menjadi empat yaitu spiritual, normatif, formal, material. Spritual memiliki tempat yang tertinggi karna berhubungan dengan Tuhan. Manusia hidup harus selalu berusaha dan berserah karna selebihnya adalah kuasa Tuhan. Selain itu, hidup di dunia ini harus melewati garis lurus dan siklik. Garis lurus berarti, semuanya yang ada dan yang mungkin ada harus kita lewati dan kita harus menyiapkan diri kita. Siklik berarti apapun yang kita lakukan setiap harinya akan selalu berulang-ulang, seperti kita setiap hari kamis melaksanakan perkuliahan filsafat, maka kamis minggu ini dengan kamis minggu depan pasti melakukan kegiatan tersebut. Terimakasih Bapak Marsigit atas ilmunya.

    ReplyDelete
  37. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Hermenetika mencakup spiritual, normatif, formal, dan material yang saling menerjemahkan dan diterjemahkan. Keempat komponen ada dalam kehidupan ini dengan lintasan spiral yang melambangkan bahwa semua bersifat divergen. Hal ini untuk menuju keseimbangan dalam hidup

    ReplyDelete
  38. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Saya sangat setuju bahwa hierarki dalam hidup ini yang teratas adalah spiritual/agama. Karena saya berkeyakinan bahwa ada kehidupan setelah di dunia. Jika kita tidak menyantumkan spiritual pada hermenetika hidup kita, maka apa yang akan kita persiapkan untuk kehidupan setelah dunia. Spiritual sejalan dengan ideologi bangsa kita yaitu pancasila dengan sila pertama adalah ketuhanan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  39. Devi Nofriyanti
    17709251041
    S2 P.Mat UNY kelas B 2017

    dari apa yang saya pahami dari pelajaran filsafat di kelas, bahwa dalam hidup ini bersifat linear siklik, linier ketika kita semakin dekat kepada tuhan sehingga masuk ke ranah spiritual. sedangkan siklit artinya perputaran hidup dimana dalam hidup ini kita harus menjaga hubungan habluminannas, kita tidak akan pernah sama dengan kita yang sebelumnya, kita mengalami siklus yang serupa hari demi hari misalnya setiap minggu kita akan bertemu dengan hari senin.

    ReplyDelete
  40. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Melihat dan membaca satu persatu dari diagram di atas, saya mengartikan hermenitika hidup bersifat plural dan dapat saling terjemah dan diterjemahkan. Berdasarkan hasil belajar pada pertemuan minggu lalu, hermenitika adalah perjalanan hidup manusia yang merentang dalam ruang dan waktu. Melalui diagram di atas saya memaknai hermenitika pada tingkat yang rendah adalah material dan pencapaian tertinggi adalah spiritual. Bagi saya, menterjemahkan sesuatu yang mungkin ada tentunya tidaklah mudah. Terkadang saya dihadapkan dengan kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan. Hingga titik terakhir yang dapat dilakukan adalah menggapai keikhlasan. Di sinilah saya menyadari aspek spiritual sangat berperan dalam hidup saya.

    ReplyDelete
  41. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Prof
    Dalam hidup ini terdiri dari struktur, segala yang ada dan yang mungkin ada memiliki struktur. Mulai dari atas bersifat tunggal atau monoisme kemudian semakin ke bawah semakin plural. Dalam gambar di atas struktur yang paling atas adalah spiritual berkaitan dengan Kuasa Tuhan yang tunggal, kemudian diturunkan menjadi aturan-aturan normatif kemudian turun lagi menjadi formal dan yang paling bawah adalah material atau benda-benda materi.

    ReplyDelete
  42. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Hermenitika hidup terdiri atas garis lurus dan lingkaran. Garis lurus melambangkan apa yang telah kita lewati tidak akan terulang kembali. Sementara lingkaran melambangkan siklus hidup yang berputar. Dari apa yang saya ketahui, hermenitika memiliki arti interpretasi makna. Apa yang saya tangkap dari tulisan Bapak kali ini adalah hermenitika hidup dapat juga diartikan cara pandang seseorang dalam memaknai aspek spiritual, aspek normatif, aspek formal, dan aspek material dari kehidupannya.

    ReplyDelete
  43. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Hermenetika hidup mempunyai empat aspek tingkatan yaitu yang pertama atau yang paling dasar adalah materi, selanjutnya formal, normatif dan yang paling atas adalah spritual. Dimana yang harus kita pahami ialah mengenai spritual dimana didalam setiap perjalanan hidup kita harus berlandaskan dengan spritual sehingga apa yang dikerjakan tidak lah keluar dari aturan-aturan agama. Dari skema diatas terdapat garis lurus dan lingkaran, dimana menurut saya lingkaran ini berhubungan dengan kehidupan di dunia yang terdapat aspek materi dan formal dapat diibaratkan seperti roda yang berputar, sedangakn garis lurus berhubungan dengan normatif dan mengarah ke spritual.

    ReplyDelete
  44. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Seperti yang telah kita ketahui, struktur dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Sedangkan hermenetika adalah sebuah penafsiran dan mengarti. Jika didalam gambar yang d atas tersebut menjelaskan bahwa, sebenarnya hidup memiliki tujuan, seperti sebuah garis lurus yang selalu bergerak ke atas menuju kepada Tuhan yang satu (spiritual). Kemudian ada normatif yang menjadi pergerakan atau tata cara berinteraksi dengan manusia lain, yang mana pergerakannya seperti spiral,yaitu saling berputar dan bergerak ke depan artinya terikat dengan ruang dan waktu. Dan ada juga yang pergerakannya melingkar yaitu interaksi yang selalu dilakukan, seperti layaknya guru yang terus mengajar dan membimbing siswanya.

    Sementara hermenetika dalam matematika, siswa dan guru sama-sama saling menterjemah dan diterjemahkan. Guru menterjemahkan matematika dalam bahasa yang baik sehingga siswa bisa menggali dan menangkap materi yang diajarkan, begitupun sebaliknya. Matematika murni tidak akan langsung diberikan kepada siswa, tanpa ada pengantar terjemahan atau pengubahan dari guru untuk siswa.

    ReplyDelete
  45. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Hermenitika, menurut pandangan saya merupakan sebuah cara dalam menyikapi suatu masalah ataupun benda-benda yang ada disekitar kita. Dengan adanya hermenitika memberikan kita sebuah kesadaran bahwa dunia ini terbentuk dari adanya sebuah identitas dan kontradiksi dari sang maha kuasa. Kita hanya bisa berusaha dan berdo’a dalam menjalani segala ketentuannya.

    ReplyDelete