Nov 8, 2014

Hermenitika Hidup

Ass Wr Wb



Struktur Dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada; satu diantaranya adalah struktur yang saya gunakan untuk membuat diagram di bawah ini yang meliputi komponen berdimensi hirarkhi: material, formal, normatif, dan spiritual. Kita dapat membayangkan betapa banyak fenomena hermenitika yang terjadi jika kita menerapkannya pada setiap struktur yang ada dan yang mungkin ada. Pengantar ini saya buat untuk menghindari salah paham bahwa struktur hanyalah satu, atau hermenitika hanyalah satu. Selama kita masih di dunia dan masih bericara tentang urusan-urusan dunia maka kita mendapatkan Struktur yang bersifat plural. Oleh karena itu diagram berikut memang hanyalah 1 (satu) contoh dari yang ada dan yang mungkin ada. Selamat menyimak.
Ass Wr Wb


                                                 Diagram oleh Marsigit (2014)

124 comments:

  1. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Hermenitika memiliki kaitan dengan interpretasi pemahaman tentang semua yang ada dan yang mungkin ada. hermenitika hidup memiliki gambaran pemahaman mengenai kehidupan. Berdasarkan herminitika hidup, struktur dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada dengan beberapa komponen mengenai berdimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Jika komponen-komponen ini diterapkan, akan ada banyak fenomena herminitika dalam hidup dan kehidupan. diagram hermenitika yang digambarkan di atas, hanya merupakan gambaran kecil dari banyak hal yang mungkin dari yang ada dan mungkin ada.

    ReplyDelete
  2. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Hermeneutika adalah proses menerjemahkan dan diterjemahkan dari objek yang ada dan yang mungkin ada dari awal dunia sampai akhir dunia. Hermeneutika berasal dari kata dewa di Yunani Kuno yaitu dewa hermes. Hermeneutika dalam hidup merupakan suatu interpretasi yang dilakukan secara terus menerus hingga mengerucut. Dalam pembelajaran matematika hermenetika terdiri atas garis lurus yang menunjukkan bahwa pembelajaran akan berjalan terus menerus dan melingkar yang artinya kita dapat mengulanginya hanya saja berbeda ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  3. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Saya sependapat bahwa struktur kehidupan tidak hanya satu. Namun saya juga ingin menambahkan pikiran saya, bahwa struktur kehidupan bukan hanya berbilang, tetapi juga berdimensi. Dimensi tersebut juga berdimensi lagi. Sehingga bukan hanya multidimensi, tetapi juga multi-multidimensi. Oleh karena itu, jika kita menerjemahkan struktur kehidupan hanya ke dalam satu dimensi, akan terjadi banyak pandangan dan setiap pandangan memiliki kesalahan. Untuk itu diperlukan studi yang lebih mendalam mengenai struktur kehidupan. Hermeneutika merupakan salah satu upaya dalam mempelajari atau menterjemahkan struktur kehidupan tersebut.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Segala sesuatu yang terjadi pada manusia dalam filsafatnya hermenitika. Dalam hidup kita harus selalu berusaha dan melakukan segala sesuatunya selalu beriringan dengan spiritualitas. Seperti yang kita ketahui, bahwa hidup ini terus berjalan kedepan atau tidak akan pernah kembali kepada ruang dan waktu yang sama. Sehingga marilah dalam hidup ini sebaiknya berikhtiar dan berdoa hanya kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  5. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014


    Saya mengenal makna Hermenetika baru-baru ini dari penjelasan Prof. Marsigit. Hermenetika adalah bahasan soal sesuatu yang ada yang mungkin ada. hal ini mengajarkan bahwa hidup adalah persoalan petemuan apa yang di langit dan apa yang di bumi, normatif dan formal, spiritual dan material. seperti dalam pembelajaran matematika, semua bermula dari benda-benda yang nyata hingga pada akhirnya mulai mengenal abstraksi. sejatinya hidup adalah siklik seperti yang digambarkan pada diagram tersebut.

    ReplyDelete
  6. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hermenitika adalah soal menerjemahkan dan diterjemahkan. Hermenitika hidup berarti diterjemahkan dan menerjemahkan hidup. Struktur dunia adalah ada dan yang mungkin ada. Persoalannya adalah dari satu pertanyaan. Diterjemahkan dan menerjemahkan “Apa?” dimana itu ada di dalam pikiran kita. Jika dinaikkan “apa?” menjadi di dalam spiritual. Jika diturunkan “apa?” menjadi di dalam material. Jika diteruskan “apa?” menjadi normatif. Perantanya di antara semua itu ada “bagaimana formalnya?”. Apabila semua ini sudah dijalankan akan menjadi hermenitika.

    ReplyDelete
  7. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut beberapa sumber referensi yang saya baca, hermeneutika merupakan salah satu jenis filsafat mengenai interpretasi makna, pernafsiran, dan penerjemahan. Hermenitika hidup berarti menginterpretasi, menafsirkan, dan menerjemahkan makna hidup. Struktur yang ada di dunia ini meliputi komponen material, formal, normatif, dan spiritual.

    ReplyDelete
  8. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hermenitika atau sering diartikan sebagai interaksi merupakan interaksi bagaimana menghubungkan antara material dengan spiritual. Dalam perkuliahan yang pernaha Bapak sampaikan, dijelaskan bahwa di antara komponen material dan spriritual terdapat komponen formal yang dapat berupa tulisan, dokumen ataupun pengalaman. Selain itu ada juga komponen normatif yang dapat berupa ilmu pengetahuan dan referensi. Itulah proses menhubungkan apa yang ada di bumi dengan yang ada di langit.

    ReplyDelete
  9. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Keadaan subjek dengan sifat tanpa sifat itu adalah keadaan di mana subjek dan objek komunikasi juga meluruh ke dalam keadaan di mana subjek dan objek matematika yang tidak dapat dibedakan lagi. Artinya, tiada subjek dan objek komunikasi matematika pada tataran metafisik dari komunikasi spiritual dapat diidentifikasi dengan menggunakan hubungan korelasional potensi dan vitalitas subjek dan objek. Hubungan korelasional ke dalam kemudian mentransformasikan semua potensi dan vitalitas matematika ke dalam subjek absolut. Subjek absolut merupakan subjek dengan dimensi tertinggi yang mengatasi segala subjek dan objek komunikasi sekaligus juga mengatasi semua jenis komunikasi yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  10. Hermeneutika berarti terjemah dan menterjemahkan. Hal yang ada dan mungkin ada dapat diterjemahkan ke dalam hal lain atau malah menerjemahkan. Hermeneutika memiliki dua unsur dasar, yaitu lurus dan melingkar. Dikatakan lurus karena kita tidak pernah mengulangi hal yang sama. semuanya bergerak lurus menembus ruang dan waktu. Dikatakan melingkar karena adanya pengulangan waktu atau raung, pagi siang sore malam, pulang pergi. Hermeneutika hidup manusia adalah gabungan antara garis lurus dan garis melingkar tersebut, sehingga menjadi spiral. Dikatakan spiral karena kehidupan manusia akan terus berjalan dan hal yang sudah terjadi di masa lalu tidak mungkin dapat diulang lagi. Hermenetika terjadi pada level materil, formal, normatif dan spiritual.

    ReplyDelete
  11. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hermenitika memiliki arti menafsirkan atau menterjemahkan. untuk itu hermenitika hidup artinya menafsirkan hidup , dimana dalam hermenitika itu terdapat empat aspek yaitu material, formal, normatif dan spiritual. Ke empat aspek tersebut saling berkaitan dan saling melengkapi. Spiritual berada di paling tinggi karena hidup harus beragama dan bertagwa kepada Allah SWT. Semua yang ada dibumi berasal dari-Nya.

    ReplyDelete
  12. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Seperti halnya yang sudah diterangkan Bapak dalam mata kuliah etnomatematika, makna dari hermenetika hidup itu sendiri adalah menyatukan apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Apa yang ada dalam fikiran/ angan-angan dengan apa yang tampak nyata sehingga nantinya kedua unsur ini dapat berjalan beriringan bersama-sama (bersilaturahmi) agar tercipta kesempurnaan tujuan yang diinginkan.

    ReplyDelete
  13. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Hermenitika berarti menerjemah dan diterjemahkan, atau dapat kita sebut sebagai silaturahim. Dalam hidup, manusia selalu berinteraksi dengan orang lain agar manusia bisa menerjemahkan orang lain maupun diterjemahkan. Hermenitika hidup manusia berbentuk spiral yang berarti bahwa proses terjemah dan menterjemahkan haruslah terjadi secara kontinyu, terus menerus, dan berkesinambungan.

    ReplyDelete
  14. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Hidup itu adalah sebuah proses, di dalam nya terdapat berbagai unsur, mulai dari yang ada sampai ke yang mungkin ada. bagaimana hermenetika dalam hidup itu adalah kaitannya dengan unsur-unsur yang ada dan yang mungkin ada tersebut. unsur-unsur yang ada dan yang mungkin ada tersebut adalah dalam aspek material, formal, normatif, dan yang paling tinggi adalah spiritual.

    ReplyDelete
  15. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Diagram spiral seperti itu kini memang dirasa lebih relevan. Seperti halnya diagram siswa yang sedang belajar. Diagram ini tentang kehidupan mengenai spiritual, normatif, formal, dan material. Dimana keempatnya berkembang bergantian antara spiritual normatif, formal dan material. seusai dari spiritual hingga material akan kembali lagi pada spritual lagi namun, antara spiritual saat ini dan yang lalu adalah berbeda dan tentu saja tingkatannya lebih tinggi dari sebelumnya. Hal ini menunjukan adanya perkembangan kearah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  16. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Fenomena hermenitika yang digambarkan meliputi penggabungan lingkaran dan garis lurus, yang membentuk spiral yakni dua hal yang ada (lingkaran dan garis), bila digabungkan akan melalui suatu proses (spiral), dimana proses tersebut akan menciptakan suatu hasil. Disebutkan pula, bahwa tahapan hermenitika tersebut mulai dari material, formal, normatif hingga spiritual, menyatakan bahwa suatu proses tersebut merupakan penggabungan antara apa yang ada di bumi dan di langit. Misalnya dalam berlajar matematika, pada mulanya merupakan material yang konkrit kemudian di bawa ke matematika formal, hingga spiritual diperoleh ketika kita meluruskan niat mencari ilmu dengan mengharap keridhaan-Nya, yang inshaaAllah proses kita akan bernilai ibadah.

    ReplyDelete
  17. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Menurut pendapat saya, hermenitika kehidupan mencakup dimensi material, formal, normatif dan spiritual yang pemaknaannya digambarkan berupa lingkaran, spiral dan garis lulus dalam berbagai praktik dan teori-teori kehidupan. Lingkaran menggambarkan bahwa material dan formal merupakan kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi oleh manusia, manusia bekerja dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan material dan menggapai formalnya. Antara formal dan normatif terdapat bentuk spiral yang berarti bahwa kehidupan manusia terus berjalan dan berputar-putar menuju kepada dimensi yang normatif. Berbagai bentuk pemaknaan dimensi material, formal dan normatif, diarahkan secara garis lurus kepada dimensi spiritual. Jadi, spiritual adalah yang paling utama dan terutama dalam hermenitika kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  18. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. dari gambar saya merefleksi bahwa hidup itu berjalan lurus dan berjalan melingkar. Dalam hidup terdapat dua aspek yakni spiritual dan material. Aspek spiritual berjalan lurus, sedngakan aspek material berjalan secara melingkar. Aspek spiritual menurunkan aspek normatif, sedngkan aspek material menghasilkan aspek formal. Kesua aspek saling berinteraksi secara melingkar dan lurus secara terus menerus.

    ReplyDelete
  19. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Berdasarkan diagram mengenai hermeneutika dan paparan yang telah dijelaskan oleh Bapak Prof. Marsigit M.A dalam perkulihan etnomatematika, yang dimaksud dengan hermeneuitika hidup itu mengambarkan hidup itu ada unsur melingkar, tapi lingkaran tersebut belum tentu berputar sehingga perlu ditingkatkan /diputar dengan adanya kala/waktu.

    ReplyDelete
  20. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Selain itu hidup juga diibaratkan seperti cakra manggilingan kadang diatas dan kadang dibawah selain itu hidup itu juga harus dipercaya/ amanah.

    ReplyDelete
  21. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Begitu juga dalam pembelajaran matematika juga harus dipercaya. Agar pembelajaran matematika dapat dipercaya maka harus berdasarkan keinginan siswa itu sendiri.

    ReplyDelete
  22. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menurut penjelasan ketika kuliah Etnomatematika, hermeneutika meurapakan mempertemukan sesuatu yang ada di langit dan di bumi,belajar merupakan suatu kesinambungangan. dimulai dari mengkonstruk pengetahuan dengan benda atau sesuatu konkrit hingga tahap abstraksi.

    ReplyDelete
  23. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Struktur dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Banyak tentang berbagai macam struktur dunia menurut tokoh-tokoh dunia. Hal ini karena struktur dunia bersifat plural. Diagram yang dibuat oleh Prof. marsigit adalah salah satu contoh dari yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete

  24. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari diagram Hermenitika Hidup oleh Bapak Prof. Marsigit, kita bisa tahu bahwa pembelajaran matematika, siswa yang diberikan pembelajaran inovatif akan menghasilkan outpout siswa yang bisa berpikir kreatif dan cerdas.

    ReplyDelete
  25. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari diagram Hermenitika Hidup oleh Bapak Prof. Marsigit dan perkuliahan etnomatematika, kita mendapatkan pembelajaran bahwa hidup adalah menyatukan antara yang ada di langit dan yang ada di bumi sehingga keduanya bisa bersilaturahmi (bertemu) untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan.

    ReplyDelete
  26. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dengan belajar hermenitika hidup, kita dapat memahami/ menterjemahkan bahwa hidup itu menyatukan antara yang ada di bumi dengan yang di langit. Artinya bahwa sebagai manusia tidak boleh hanya memikirkan duniawi saja tetapi ingatlah bahwa Allah SWT yang menciptakan kita maka kita sembari memikirkan dunia, kuatkan dengan beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  27. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dan ingat bahwa hidup itu slalu berputar. maka kita sebagai manusia harus slalu mensyukuri apa yang kita peroleh. ketika berada diatas janganlah bersikap sombong, belum tentu akan bertahan selamanya. Ketika di bawah, dalam keadaan tersebut Allah menguji kita sebagai manusia, seberapa kuat kita menjalani kehidupan ketika menghadapi keterpurukan.

    ReplyDelete
  28. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Di dalam Hermeneutika terdapat dua unsur dasar, yaitu lurus dan melingkar. Lurus karena kita tidak pernah mengulangi hal yang sama semuanya menembus ruang dan waktu. Dan dikatakan melingkar karena adanya interaksi. Hermeneutika ini juga dapat diartikan bahwa suatu cara menerjemahkan dan diterjemahkan tentang segala hal apapun. Mengenai metode tersebut, terdapat nilai-nilai yang tersirat yang terkandung di dalamnya. Implementasi dari metode hesmenetika dalam proses pembelajaran matematika ini diharapkan siswa dapat mengeksplor potensi kecerdasan maupun intelektualnya lebih mendalam, sehingga siswa dapat mandiri dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  29. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Hermenitika Hidup merupakan suatu gambaran dari kehidupan manusia. Hermenitika Hidup meliputi empat aspek, yaitu aspek material, formal, normatif, dan spiritual. Sedangkan Hermenitika Hidup maksudnya hidup itu merupakan proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Dalam dunia pendidikan, seorang guru dapat memahami apa yang dipikirkan muridnya dan murid dapat memahami apa yang dipikirkan gurunya karena adanya proses saling menerjemahkan.

    ReplyDelete
  30. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Manusia pasti selalu melakukan kegiatan berpikir, bahkan ketika seseorang sedang melamun, pasti dia sedang memikirkan sesuatu. Dalam proses berpikir, pasti melibatkan pengetahuan yang telah diketahui dari pengalaman baik pengalaman langsung maupun tidak langsung. Akan tetapi pikiran kita terkadang tidak selalu lurus, terkadang melenceng terlalu jauh sehingga menyebabkan kita menjadi berpikiran negatif/jelek. Hal tersebut sebaiknya di hindari dengan membiasakan diri untuk selalu berpikiran yang baik/positif.

    ReplyDelete
  31. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hermenetika atau interaksi atau silaturahmi merupakan kegiatan yang mempertemukan antara yang ada di langit dan yang ada di bumi. Yang ada di langit adalah teori, sedangkan yang ada di bumi adalah praktik. Artinya, dalam hidup, kita memiliki teori-teori yang kita yakini. Kemudian, selain memiliki teori, kita juga melakukan praktik atau kegiatan. Dalam hal ini, teori yang diyakini dan praktik yang dilakukan harus selalu sesuai satu sama lain. Sehingga, setiap kegiatan yang dilakukan akan dapat dipercaya dan berlangsung secara terus menerus.

    ReplyDelete
  32. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hermenetika hidup adalah proses silaturahmi antara langit dan bumi. Yaitu antara spiritual, normatif, formal, dan material, atau antara teori dan pengalaman agar terwujud kehidupan yang seutuhnya . Bahwa teori-teori yang ada tidak akan bermanfaat tanpa praktik atau pengalaman, dan pengalaman tanpa praktik juga tidak akan bermakna.

    ReplyDelete
  33. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017
    Terima kasih banyak Pak Prof. Marsigit.
    Setelah membaca materi diatas, saya mencoba merenungi bahwa pemahaman saya selama ini adalah Hermeneutika sebagai penafsiran/penerjemahan berkaitan dengan masalah yang timbul saat berhadapan dengan tindakan manusia yang bermakna dan produk-produk yang dihasilkan olehtindakan itu, dan biasanya adalah teks walaupun tidak selalu terkadang bisa juga seni atau yang lainnya.

    ReplyDelete
  34. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Mat A 2017

    Ketika melihat Hermeneutic cycle, sepemahaman saya, berdasarkan masalah-masalah, pengetahuan yang didapat, manusia akan menciptakan interpretasi-interpretasi yang mungkin berbeda, sesuai dengan masalah atau pengetahuan yang dijumpai ketika itu.Pemikiran-pemikiran yang terus berkembang di berbagai aspek inilah yang membuat status manusia berada di tingkatan yang berbeda.

    ReplyDelete
  35. Junianto
    17709251065
    PM C

    Hermenetika Hidup merupakan suatu gambaran dari kehidupan manusia. Hidup itu melputi empat aspek, yaitu aspek material, formal, normatif, dan spiritual. Sedangkan hermenitika hidup maksudnya hidup itu merupakan proses menerjemahkan dan diterjemahkan atau saling menterjemahkan. Dengan saling menterjemahkan, maka setiap orang akan paham apa yang dimaksud orang lain ketika berinteraksi dengannya, sehingga proses yang lain pun dapat berjalan dengan seimbang.

    ReplyDelete
  36. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Hidup mempunyai sebuah proses untuk mencapai hal yang manusia inginkan. Manusia memiliki kewajiban beribadah. Setiap hal yang dilakukan oleh manusia akan bermanfaat jika ada niat ikhlas dalam melakukannya dan niat untuk ibadah. Manusia harus mengatur dengan seimbang atau menjaga keseimbangan antara kebutuhan dan kewajiban dunia dan akhirat. Hal pertama yang akan didapatkan manusia jelas pasti akan berupa sebuah mateerial yang akan tampak nyata dan bisa dimanfaatkan sebagai apa saja, kemudian normatif yakni berasal dari persaaan dan direspon oleh perasaan dan ditindaklanjuti oleh perbuatan sehingga terciptalah formal yang mengatur beberapa aspek kehidupan.

    ReplyDelete
  37. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035

    Postingan ini adalah gambar tentang hermeneutika hidup karya Prof. Dr. Marsigit, M. A. Hermeneutika hidup yang digambarkan dalam gambar ini terdiri dari dua aspek, yaitu spiritual dan material. Digambarkan bahwa material terletak di bawah dan yang terletak di atas adalah spiritual. Yang dapat saya simpulkan bahwa hidup ada yang bersifat linear ada yang bersifat siklik. Untuk linear disebutkan bahwa hidup berawal dari material menuju ke spiritual, dan untuk siklik menunjukkan bahwa hidup berputar, dari material, menuju ke siklik, menuju ke material lagi, menuju ke siklik lagi hingga seterusnya tanpa putus.

    ReplyDelete
  38. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Hermenetika dapat digambarkan sebagai garis spiral. Spiral berarti bergerak maju secara terus menerus, pergerakan tersebut melingkar tetapi tidak pernah menempati titik yang sama. Misalnya kita hidup tidak akan pernah menempati waktu yang sama, namun waktu yang kita lewati berulang, seperti senin kembali ke senin, dan seterusnya, hanya saja senin yang satu berbeda dengan senin yang satunya. Dalam kehidupan spiritual, kita bisa mengartikan hermenetika sebagai suatu keadaan ketika kita mengalami kegagalan terdapat istilah kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda

    ReplyDelete
  39. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Mohon maaf, pak Prof. Saya terganggu dengan istilah "Hermenitika". Apakah yang dimaksud di situ adalah "Herme(neu)tika"? Atau, apakah istilah " hermenitika" memiliki artinya sendiri?
    Wassalam.

    ReplyDelete
  40. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A 2017

    Hidup memiliki empat komponen yaitu material, formal, normatif dan spiritual. Maka aspek tertinggi adalah spiritual, karena hidup kita semata-mata untuk kembali kepada-Nya. Namun urusan dunia juga tak bisa diabaikan. Karena itu di dalam hidup, manusia selalu mencari arah baru untuk dituju. Untuk menemukan arah yang tepat, manusia haruslah memiliki pengertian yang tepat pula. Hanya dengan memahami diri secara tepatlah manusia bisa mewujudkan potensi-potensinya seoptimal mungkin agar tercipta keselarasan antar komponen.

    ReplyDelete
  41. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika

    Bismillah

    mengamati diagram diatas tentang Hermeneutika hidup, yang saya tangkap disini mengenai garis lurus dan lingkaran itu seperti yang bapak jelaskan di kelas mata kuliah Filsafat ilmu, bahwa siklis itu menggambarkan reinkarnasi, contohnya jika hari ini bapak mengajar dikelas kami, dan minggu lalu bapak juga mengajar di kelas kami, maka bapak saat ini merupakan reinkarnasi dari bapak minggu lalu. begitu juga dengan garis lurus itu, menggambarkan bahwa dalam hidup itu ada hal-hal yang terus berlanjut dan idak akan pernah berulang.

    ReplyDelete
  42. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Hermenitika hidup mengandung point-point penting dari unsur-unsur kehidupan, terutama spritual.
    hidup harus dilandasi keyakinan penuh terhadap pencipta, karena kita hanyalah sebuah pion yang kapanpun bisa gugur jikalau sang pencipta sudah merindukan kita. Maka dari itu perlu selalu intropeksi diri sejauh mana kita telah mempersiapkan diri kita dari segala apa yang diperlukan kelak.

    ReplyDelete
  43. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Hermeneutika hidup dapat diartikan sebagai memaknai hidup. Cara orang memaknai hidup berbeda-beda. Namun makna kehidupan telah tertuang ke dalam beberapa dimensi hierarki yang telah disebutkan oleh Prof Marsigit dalam diagram pada postingan ini, yaitu spiritual, normatif, formal, dan material. Ada orang yang memaknai hidup dengan lebih mencondongkan diri ke aspek spiritual. Orang tersebut akan banyak mengaitkan kehidupannya, hal-hal yang dilakukannya, dan memandang kehidupan dari sudut pandang spiritual. Ada orang yang memaknai hidup dengan lebih mencondongkan diri ke aspek material. Yang dicari orang tersebut adalah material yang mungkin memenuhi dan melengkapi kebutuhan hidupnya secara fisik bahkan psikis. Namun hidup yang sebenarnya menurut saya adalah dengan menghadirkan makna yang baik dimana pun, kepada siapa pun atau apa pun. Secara logis, spiritual, normatif, formal dan material saling berkaitan. Norma-norma yang ada tentunya hadir dari ajaran spiritual yang mendekatkan diri dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  44. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Sebagai ilmu yang menetapkan suatu prinsip, aturan, atau panduan yang digunakan untuk mengartikan suatu karya, hermeneutika berkembang mengikuti perkembangan pemikiran manusia yang tidak berhenti mempelajari sesuatu lebih dalam. Beberapa ahli filsafat bahkan membagi hermeneutika berdasarkan fungsinya. Diagram yang disajikan pada artikel ini adalah satu dari sekian struktur yang ada, menggambarkan bahwa kehidupan tak lain adalah suatu siklik yang terus menerus menuntut untuk menginterpretasikan ilmu ke dalam praktik kehidupan, begitu seterusnya.

    ReplyDelete
  45. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Hermenetika hidup yang paling tinggi derajatnya adalah spiritual dimana kebenaran hakiki itu berada. Dibawah spiritual, terdapat aturan-aturan yang sifatnya normatif dimana aturan-aturan ini yang mengatur kehidupan kita di dunia. Dibawah normatif ada formal dimana formal disini merupakan aturan yang dibuat oleh manusia agar kehidupan di dunia berjalan dan selaran dengan lingkungan mereka. Lalu yang paling dasar adalah material. Inilah yang berada di dunia ini. Segala hal yang ada dan mungkin ada. Mungkin ini sedikit pemahaman saya mengenai gambar yang disajikan bapak. Terimakasih.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  46. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Terimakasih banyak pak sebelumnya.Objek materi sebagai sesuatu yang abstrak, psikis.Termasuk pula pengertian abstrak-logis, konsepsional,spiritual, dan nilai-nilai.Dengan demikian objek filsafat tak terbatas, yakni segala sesuatu yang ada dan mungkin ada.Jika dikaitkan dengan spiritual bahwa tujuan hidup manusia yaitu membangun hubungan individu dan masyarakat serta alam juga mengenai masalah nilai, baik mengenai norma yang ada dalam masyarakat maupun yang merupakan norma kesusilaan dan agama.Jadi tujuan hidup manusia membangun hubungan, baik dengan yang vertical (dengan Tuhan) maupun yang horizontal (sesama manusia, dan hubungan dengan alam sekitar).Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  47. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Hermenetika mencakup spiritual, normatif, formal, dan material yang saling menerjemahkan dan diterjemahkan. Keempat komponen tersebut ada dalam kehidupan kita dengan lintasan spiral yang melambangkan bahwa semua bersifat divergen. Hal ini untuk menuju keseimbangan dalam hidup

    ReplyDelete
  48. Nama : I Nyoman Indhi Wiradika
    NIM : 17701251023
    Kelas : PEP B

    Berdasarkan diagram di atas, saya memahami bahwa hermeutika hidup memiliki dimensi Material, formal, normatif, dan spriritual. Secara hirarkis saya mengawali dari Dimensi Material yaitu bagaimana cara orang memaknai benda-benda di sekitar kita. Dimensi Normatif yaitu cara ideal untuk memaknai benda tersebut. Normatif yaitu memaknai dengan pengalaman etis, selanjutnya Spiritual yaitu menjaga pemaknaan agar tidak keluar dari koridor yang menyebabkan manusia menjadi sengsara.

    ReplyDelete
  49. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Komponen kehidupan terdiri dari 4 dimensi, yaitu dimensi material, formal, normatif dan spiritual. Keempat dimensi tersebut saling berkaitan dan berhubungan. Atau dalam artian salaing menterjemah dan menerjemahkan. Dari Keempat dimensi tersebut dimensi spiritual menempati posisi paling tinggi, hal ini memiliki makna bahwa keberadaan dan kekuasaan Tuhan merupakan tempat tertinggi dalam kehidupan. Sehingga jika dalam kehiduapan ini kita tidak membolak-balikkan runtutan dimensi kehidupan yang ada, maka mudah-mudahan kehidupan yang kita jalani dapat berjalan dengan baik.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  50. Tri Wulaningrum
    17701241042
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas ilmu yang diberikan lewat postingan ini

    Hermenetika hidup. Hidup adalah terjemah dan menterjemahkan, melihat sesuatu tergantung ruang dan waktunya. Hidup adalah menterjemahkan, maka kita juga harus ikhlas diterjemahkan.

    Melalui diagram di atas, saya melihat bahwa hermenitika hidup memiliki empat dimensi, yaitu dimensi Material, dimensi formal, dimensi normatif, dan dimensi spriritual. Kebenaran yang absolut dan tak terbantahkan ada pada dimensi spiritual. Maka tiadalah kebenaran yang selamanya benar selain kebenaran dari Yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
  51. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Hidup manusia meliputi empat aspek didalamnya, yaitu: aspek material, aspek formal, aspek normatif, dan aspek spiritual. Dalam hidup manusia seharusnya dapat berinteraksi dengan manusia lain, agar segala sesuatu dapat berjalan dengan lebih lancar. Interaksi antar manusia akan tercapai jika manusia dapat saling menerjemahkan (proses menerjemahkan dan diterjemahkan). Proses saling menerjemahkan inilah yang kemudian dinamakan hermenitika hidup, sehingga hermenitika hidup adalah suatu gambaran tentang kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  52. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Hermenitika menurut wikipedia adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna, jadi bisa kita katakan bahwa segala sesuatu yang ada dan terjadi di kehidupan ini memiliki makna dan bisa dimaknai. Hermenitika yang saya pahami menurut penjelasan prof Marsigit dalam perkuliahan yaitu bahwa hermenitika itu mengalir, sesuai dengan ruang dan waktunya menggunakan pola sumbu tiga dimensi spiral, maju berkelanjutan linier dan siklik. Hidup kita ini ada sumbu linier ada sumbu siklik, alasan linier adalah kita tidak bisa mengulangi tahun ini bulan ini tanggal ini jam ini detik ini sedangkan alasan siklik yaitu kita kembali menemui hari yang sama misalnya selasa namun sudah berbeda dimensi ruang dan waktunya. Siklik digabung dengan linier jadi spiral maju berkelanjutan, bahwa itulah sebenar-benarnya lintasan bumi mengelilingi matahari yaitu merupakan kodrat sunatullah, kodrat dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  53. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Seperti yang telah disebutkan oleh mbak Andi pada komentar di atas bahwa heremenitika mempelajari tentang intrepretasi makna. Jadi berdasarkan gambar pada postingan di atas,bahwa dalam kehidupan ini terdapat empat dimensi yakni dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Sehinggga apa saja yang ada dan mungkin ada di kehidupan ini dapat dimaknai dari sisi material, formal, normatif, dan spiritualnya. Misalnya makanan. Ditinjau dari materialnya makanan terbuat dari berbagai Sumber Daya Alam (SDA). Ditinjau dari formalnya makanan merupakan kebutuhan manusia untuk mempertahankan kehidupannya. Dtinjau dari normatif makanan merupakan mengandung zat-zat karbohidrat, protein, lemak, mineral, zat besi, dan lain-lain. Ditinjau dari segi spiritual, makanan merupakan penunjang agar manusia dapat beribadah kepada Allah SWT. Bukan hanya makanan, hal yang ada dan mungkin ada di dunia ini dapat dimaknai berdasarkan keempat dimensi tersebut (hermenitika hidup).

    ReplyDelete
  54. Junianto
    17709251065
    PM C

    Hermenetika hidup bisa di artikan sebagai proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Dengan konsep ini berarti setiap orang mampu memahami satu sama lain. Harapannya, setiap orang bisa saling menghormati dan menghargai karena saling mengetahui apa yang dimaksud masing-masing individu. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan kehidupan yang aman dan damai.

    ReplyDelete
  55. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Hermenitika mempunyai pengertian sebagai intrepetasi makna. Maka hermenitika hidup artinya interpretasi makna dalam kehidupan. Dari skema di atas dapat diketahui bahwa hermenitika hidup di dunia ini ada yang bersifat spiral, normatif, material dan formaal. Setiap sifat dari hermenitika tersebut memiliki fokusnya masing-masing. Dari keempat sifat tersebut Indonesia menganut hermenetika hidup spiral, yang artinya berfokus pada spiritual.

    ReplyDelete
  56. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Ranah paling tinggi dalam hermenitika hidup adalah spritual yang merupakan sebuah kebenaran yang bersifat multak dan tidak dapat diubah oleh satu manusia pun. Barulah di bawahnya ada normatif, formal dan material yang mana dapat diciptakan dan diubah oleh manusia seiring dengan berkembangnya peradaban.

    ReplyDelete
  57. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Keempat tingkatan dalam hermenitika hidup harus berjalan beriringan agar tercipta tujuan bersama. Adanya ketimpangan dari salah satu aspek maka akan berdampak pada ketidakseimbangan kehidupan.

    ReplyDelete
  58. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Hermeneutika Hidup mencakup hubungan antara langit dan bumi, dari Material, Formal sampai Spiritual, Hermeneutika Hidup juga mencakup hubungan sesama makhluk hidup, dari interpretasi sampai text (karna dunia sekarang adalah Bahasa), Hermeneutika Hidup juga mencakup antara Harapan dan kenyataan.

    ReplyDelete
  59. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Hermeitika hidup merupakan salah satu gamabaran kehidupan manusia, yang manan digambarkan dengan garis dan spiral. Hermentitika hidup yang berbentuk garis maksudnya adalah pengalaman yang tidak dapat terulang kembali. Sedangkan hermenitika hidup berbentuk spiral adalah pengalaman hidup yang terjadi berulang kali.

    ReplyDelete
  60. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Hermenetika digambarkan dengan dua garis yaitu garis lurus dan garis spiral. Garis lurus menggambarkan waktu yang terus berjalan ke depan. Sedangkan garis spiral menggambarkan bahwa dalam perjalanan waktu tersebut pasti ada pengulangan dalam kehidupan manusia. Misalnya, hari ini hari selasa, maka 7 hari lagi kita akan mengulang hari selasa juga namun hari selasa sekarang dengan hari selasa minggu depan berbeda oleh karena itu yang ada dan yang ada di bumi dikatakan bersifat plural.

    ReplyDelete
  61. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Sedangkan dalam memandang obyek filsafat, yaitu yang ada dan yang mungkin ada, kita memiliki 4 hirarki, yaitu material, formal, normatif dan spiritual. Hirarki ini bertingkat dari material kemudian keatas sampai spiritual. Material ini menggambarkan obyek filsafat dari yang ada di bumi dan menuju yang paling atas yaitu spiritual adalah kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  62. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas bagan hermenetika hidup diatas. Dalam bahasa Yunani, “hermeneunein” berarti menginterpretasi, menerjemahkan, atau menafsirkan. Saya setuju dengan bagan yang dibuat oleh bapak. Penafsiran hidup memang harus megutamakan spiritual diatas segala-galanya. Keutamanan spiritual memang menjadi kunci keberlangusngan hidup kita berikutnya, karena Tuhan lah yang berkuasa dan mengatur segala yang terjadi dalam hidup kita. Dimensi spiritual meliputi normatif, formal dan material. Posisi kedua, dimensi normatif yang berada dilingkungan sosial masyarakat juga menjadi pegangan hidup guna menjaga adab dan perilaku kita dengan sesama. Kemudian, dimensi formal juga mencakup banyak hal, formal dalam diri sendiri, dalam keluarga, hubungan suami istri,, bertetangga, bermasyarakat, dan lain sebagainya. Dan yang terakhir adalah dimensi material, yakni bagaimana manusia melihat dan memaknai benda-benda disekitar mereka. Ada yang rakus, ada yang dermawan, ada materialistik, ada yang bersyukur, ada yang tidak mengejar kekayaan harta, dan lain sebagainya. Antara satu dimensi-dimensi saling melengkapi, dan semuanya saling berkorelasi selama kita hidup. Banyak sekali pesan jika kita mau memaknai hidup. Itulah sebaik-baik manusia. Sebenar-benar filsafat adalah menggapai logos, artinya kita perlu berpikir dan berusaha dalam menjaga keseimbangan interaksi 4 dimensi tersebut agar kita hidup dalam ketidaksia-siaan. Wallahualam bishowab.

    ReplyDelete
  63. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B 2017

    Hermenetika dibagi menjadi empat yaitu spiritual, normatif, formal, material. Spritual memiliki tempat yang tertinggi karna berhubungan dengan Tuhan. Manusia hidup harus selalu berusaha dan berserah karna selebihnya adalah kuasa Tuhan. Selain itu, hidup di dunia ini harus melewati garis lurus dan siklik. Garis lurus berarti, semuanya yang ada dan yang mungkin ada harus kita lewati dan kita harus menyiapkan diri kita. Siklik berarti apapun yang kita lakukan setiap harinya akan selalu berulang-ulang, seperti kita setiap hari kamis melaksanakan perkuliahan filsafat, maka kamis minggu ini dengan kamis minggu depan pasti melakukan kegiatan tersebut. Terimakasih Bapak Marsigit atas ilmunya.

    ReplyDelete
  64. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Hermenetika mencakup spiritual, normatif, formal, dan material yang saling menerjemahkan dan diterjemahkan. Keempat komponen ada dalam kehidupan ini dengan lintasan spiral yang melambangkan bahwa semua bersifat divergen. Hal ini untuk menuju keseimbangan dalam hidup

    ReplyDelete
  65. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Saya sangat setuju bahwa hierarki dalam hidup ini yang teratas adalah spiritual/agama. Karena saya berkeyakinan bahwa ada kehidupan setelah di dunia. Jika kita tidak menyantumkan spiritual pada hermenetika hidup kita, maka apa yang akan kita persiapkan untuk kehidupan setelah dunia. Spiritual sejalan dengan ideologi bangsa kita yaitu pancasila dengan sila pertama adalah ketuhanan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  66. Devi Nofriyanti
    17709251041
    S2 P.Mat UNY kelas B 2017

    dari apa yang saya pahami dari pelajaran filsafat di kelas, bahwa dalam hidup ini bersifat linear siklik, linier ketika kita semakin dekat kepada tuhan sehingga masuk ke ranah spiritual. sedangkan siklit artinya perputaran hidup dimana dalam hidup ini kita harus menjaga hubungan habluminannas, kita tidak akan pernah sama dengan kita yang sebelumnya, kita mengalami siklus yang serupa hari demi hari misalnya setiap minggu kita akan bertemu dengan hari senin.

    ReplyDelete
  67. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Melihat dan membaca satu persatu dari diagram di atas, saya mengartikan hermenitika hidup bersifat plural dan dapat saling terjemah dan diterjemahkan. Berdasarkan hasil belajar pada pertemuan minggu lalu, hermenitika adalah perjalanan hidup manusia yang merentang dalam ruang dan waktu. Melalui diagram di atas saya memaknai hermenitika pada tingkat yang rendah adalah material dan pencapaian tertinggi adalah spiritual. Bagi saya, menterjemahkan sesuatu yang mungkin ada tentunya tidaklah mudah. Terkadang saya dihadapkan dengan kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan. Hingga titik terakhir yang dapat dilakukan adalah menggapai keikhlasan. Di sinilah saya menyadari aspek spiritual sangat berperan dalam hidup saya.

    ReplyDelete
  68. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Prof
    Dalam hidup ini terdiri dari struktur, segala yang ada dan yang mungkin ada memiliki struktur. Mulai dari atas bersifat tunggal atau monoisme kemudian semakin ke bawah semakin plural. Dalam gambar di atas struktur yang paling atas adalah spiritual berkaitan dengan Kuasa Tuhan yang tunggal, kemudian diturunkan menjadi aturan-aturan normatif kemudian turun lagi menjadi formal dan yang paling bawah adalah material atau benda-benda materi.

    ReplyDelete
  69. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Hermenitika hidup terdiri atas garis lurus dan lingkaran. Garis lurus melambangkan apa yang telah kita lewati tidak akan terulang kembali. Sementara lingkaran melambangkan siklus hidup yang berputar. Dari apa yang saya ketahui, hermenitika memiliki arti interpretasi makna. Apa yang saya tangkap dari tulisan Bapak kali ini adalah hermenitika hidup dapat juga diartikan cara pandang seseorang dalam memaknai aspek spiritual, aspek normatif, aspek formal, dan aspek material dari kehidupannya.

    ReplyDelete
  70. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Hermenetika hidup mempunyai empat aspek tingkatan yaitu yang pertama atau yang paling dasar adalah materi, selanjutnya formal, normatif dan yang paling atas adalah spritual. Dimana yang harus kita pahami ialah mengenai spritual dimana didalam setiap perjalanan hidup kita harus berlandaskan dengan spritual sehingga apa yang dikerjakan tidak lah keluar dari aturan-aturan agama. Dari skema diatas terdapat garis lurus dan lingkaran, dimana menurut saya lingkaran ini berhubungan dengan kehidupan di dunia yang terdapat aspek materi dan formal dapat diibaratkan seperti roda yang berputar, sedangakn garis lurus berhubungan dengan normatif dan mengarah ke spritual.

    ReplyDelete
  71. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Seperti yang telah kita ketahui, struktur dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Sedangkan hermenetika adalah sebuah penafsiran dan mengarti. Jika didalam gambar yang d atas tersebut menjelaskan bahwa, sebenarnya hidup memiliki tujuan, seperti sebuah garis lurus yang selalu bergerak ke atas menuju kepada Tuhan yang satu (spiritual). Kemudian ada normatif yang menjadi pergerakan atau tata cara berinteraksi dengan manusia lain, yang mana pergerakannya seperti spiral,yaitu saling berputar dan bergerak ke depan artinya terikat dengan ruang dan waktu. Dan ada juga yang pergerakannya melingkar yaitu interaksi yang selalu dilakukan, seperti layaknya guru yang terus mengajar dan membimbing siswanya.

    Sementara hermenetika dalam matematika, siswa dan guru sama-sama saling menterjemah dan diterjemahkan. Guru menterjemahkan matematika dalam bahasa yang baik sehingga siswa bisa menggali dan menangkap materi yang diajarkan, begitupun sebaliknya. Matematika murni tidak akan langsung diberikan kepada siswa, tanpa ada pengantar terjemahan atau pengubahan dari guru untuk siswa.

    ReplyDelete
  72. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Hermenitika, menurut pandangan saya merupakan sebuah cara dalam menyikapi suatu masalah ataupun benda-benda yang ada disekitar kita. Dengan adanya hermenitika memberikan kita sebuah kesadaran bahwa dunia ini terbentuk dari adanya sebuah identitas dan kontradiksi dari sang maha kuasa. Kita hanya bisa berusaha dan berdo’a dalam menjalani segala ketentuannya.

    ReplyDelete
  73. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Berdasarkan ilustrasi hermeneutika yang diberikan oleh Prof Marsigit dan dikombinasikan dengan penjelasan beliau pada perkuliahan di kelas, hermeneutika hidup dapat dipandang sebagai suatu kurva, kurva lurus maupun melengkung. Kemudian Jika dipadukan menjadi bentuk spiral. Itulah permisalan kehidupan manusia, tidak berujung dan bergelombang sesuai dengan ujian, cobaan atau masalah yang dihadapinya. Setiap lekukan kurva tersebut memerlukan interpretasi demi tercapainya kehidupan yang lebih baik lagi. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  74. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Hermeneutika hidup tidak akan berakhir kecuali subyeknya telah mati, jika dipandang secara filsafati, semua yang ada dan yang mungkin ada dapat dipandang secara material, formal, normatif serta spiritual. Sedangkan hermeneutika akan selalu berjalan dan berproses seiring dengan bergulirnya waktu. Spiritualnya interaksi ialah silaturrahim, sedangkan jika dimasukkan kedalam proses pembelajaran, jika seorang guru menunjuk muridnya untuk mengerjakan di depan atau sekedar menjawab pertanyaan, itu juga merupakan hermeneutika kehidupan di kelas, yang dijabarkan secara filsafati meliputi interaksi antara guru dan murid. Seseorang yang belajar ditandai dengan proses berpikir yang dilakukan oleh orang tersebut, sehingga jika seseorang belajar tanpa berpikir maka hal itu tidak dapat dikatakan belajar melainkan hanya raganya saja yang hadir. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  75. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Hermenitika adalah tentang interaksi mengenai hal yang dipikirkan yang ada dilangit dan dibumi. Interaksi tersebut terjadi karena adanya silaturrahim. Tanpa silaturrahim, maka hal yang dipikirkan hanya akan ada dalam pikiran. Terdapat beberapa unsur dasar kehidupan yaitu, lingkaran, garis lurus, dan juga spiral. Dengan lingkaran, bahwa hidup itu merupakan proses siklik yaitu berputar dan akan kembali ke titik awal. Dengan garis yang berarti bahwa waktu akan berjalan terus maju kedepan, dan kita tidak akan bisa kembali ke masa lalu. Dan spiral adalah silaturrahim yang menghubungkan yang satu dengan yang lainnya.

    ReplyDelete
  76. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Perjalanan manusia di dunia adalah hermenetika, yaitu menerjemahkan dan diterjemahkan. Berdasarkan gambar di atas maka terlihat bahwa kehidupan kita berbentuk garis lurus berpanah dan lingkaran. Garis lurus mengindikasikan bahwa kehidupan manusia akan terus maju, sementara melingkar berarti kehidupan manusia yang selalu berulang. Maka sebenar-benar hermenetika hidup adalah gabungan antara garis lurus dan garis melingkar tersebut, sehingga menjadi spiral. Artinya kehidupan manusia akan terus maju dan berjalan, serta tidak akan pernah mengulangi hal yang sama pada ruang dan waktu yang sama.

    ReplyDelete
  77. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Sebenar-benar hidup adalah hermeneutika. Hermeneutika tidak lain dan tidak bukan adalah terjemah dan menterjemahkan. Begitu banyaknya fenomena hermeneutika yang terjadi pada struktur yang ada dan yang mungkin ada. Spritualitas sebagai salah satu dimensinya menempatkan manusia dalam ruang dan waktu pada yang ada dan yang mungkin ada. Pada yang ada, spiritualitas menjadi roh untuk pemanusiaan manusia. Pada aspek yang mungkin ada, spiritualitas adalah kompas yang akan membawa pemikiran manusia untuk samapi pada sesuatu yang esa. Tidak ada makhluk di dunia ini yang memiliki kualitas dan kesejatian semulia itu. Sungguh harus diakui bahwa kualitas dan hakikat baik benar dan indah itu selalu mengisyaratkan dilema-dilema dalam proses pencapaiannya. Artinya, hal tersebut mengisyaratkan sebuah proses perjuangan yang amat berat untuk bisa menyandang predikat seagung itu. Sebab di dalam hidup manusia selalu dihadapkan pada tantangan moral yang saling mengalahkan satu sama lain.

    ReplyDelete
  78. efi septianingsih
    pep kelas b
    17701251013

    hermenitika hidup merupakan bagaimana penjelasan yang menjelaskan agar lebih mudah untuk dimengerti, dikarenakan setiap manusia memiliki intuisi yang berbeda2 sesuai dengan pengelaman apa yang sudah ia miliki
    dan berbeda pula dengan yang sifatnya spiritual dan material karena hakikatnya manusia sendiri memiliki spiritual yang berbeda2 dan ssifat material pun serupa dikarena yang bersifat spiritual itu berhubungan dengan hati dan juga dengan Tuhan, saya tidak akan mengomentarinya
    saya akan mengomentari bagaimana manusia dengan sifat materialnya seperti pada gambar, berbentuk lingkaran akan sulit untuk menemukan awal dan akhir yang nampak hanya proses bagaimana hidup itu sendiri
    ada yang menyebutkan bahwa hidup seperti roda yang berputar, terkadang diatas dan terkadang dibawah
    begitu pula pada lingkaran yang tidak memiliki sisi atau bentuk sikunya
    manusia memiliki dimensi untuk hidup namun tidak semua memahami hermenitika hidup
    karena semua berfungsi, bermanfaar, dan berdampak sesuai tingkatannya seperti paralogos yang memiliki elegi-elegi dalam hidup
    dan pada gelombang, merupakan ciri hidup manusia pada umumnya dari runcing menjadi semakin luas cakupannya sesuai dengan tingkatannya pula
    banyak yang bisa diambil dari gambar tersebut tentang hermenitika hidup
    dan kembali lagi hermenitika hidup sesuai dengan ruang dan waktunya bagaimana penjelasannya

    ReplyDelete
  79. Insan A N/PPs PmC 2017
    Bismillah, psotingan tentang hermentika hidup ini menggambarkan bagaimana interksi antar komponen hirarki meliputi material, formal, normative, dan spiritual. Bahwa stuktur hidup itu bersifat spiral dan linear. Spiral karena kita masih berharap pecan depan bertemu hari jumat, besok masih ada jam 12. Linear artinya yang sudah dilewati tidak dapat kembali, atau antara jum’at pecan kemaren dan sekarang beda.

    ReplyDelete
  80. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Hidup mempunyai sebuah proses untuk mencapai hal yang manusia inginkan. Manusia memiliki kewajiban beribadah. Setiap hal yang dilakukan oleh manusia akan bermanfaat jika ada niat ikhlas dalam melakukannya dan niat untuk ibadah. Manusia harus mengatur dengan seimbang atau menjaga keseimbangan antara kebutuhan dan kewajiban dunia dan akhirat. Hal pertama yang akan didapatkan manusia jelas pasti akan berupa sebuah mateerial yang akan tampak nyata dan bisa dimanfaatkan sebagai apa saja, kemudian normatif yakni berasal dari persaaan dan direspon oleh perasaan dan ditindaklanjuti oleh perbuatan sehingga terciptalah formal yang mengatur beberapa aspek kehidupan.

    ReplyDelete
  81. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami meyakini bahwa hermenitika hidup di dunia ini memenuhi empat bagian itu, material, formal, normatif, dan spiritual. Material adalah bentuk paling bawah, yaitu berupa fisik baik tulisan ataupun benda. Fase diatasnya adalah formal yang berarti kata-kata atau ucapan-ucapan verbal. Fase normatif berupa pikiran setiap manusia. Dan fase paling tinggi adalah spiritual adanya hanya ada di hati setiap manusia, hal ini urusannya dengan Tuhan sebagai Pencipta Alam Semesta dan Penguasa diatas segalanya

    ReplyDelete
  82. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh


    Mendengar kata hermenitika mengingatkan saya kepada salah satu dwa dalam mitologi yunani, yaitu dewa Hermes. Dalam mitologi yunani dewa Hermes mempunyai kewajiban untuk menyampaikan pesan dari Jupiter kepada manusia. Dewa Hermes bertugas untuk menerjemahkan pesan Tuhan dari gunung Olympus ke dalam bahasa yang dimengerti oleh manusia

    ReplyDelete
  83. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Pada telaah metafisik terdapat unsur Hermeneutika yang secara umum memposisikan diri secara definitif sebagai suatu teori dan filsafat tentang interpretasi makna. Secara bahasa, awal kata hemeneutika merujuk pada bahasa para filosof kuno yunani yaitu hermeneuein (menafsirkan, mengiterprestasikan, menerjemahkan) dan hermeneia (penafsiran atau interpretasi). Jika Hermeneutika dinaikkan akan menjadi aspek spiritual yang interaksinya meliputi hubungan yang bersifat habluminallah dan hambluminannas.

    ReplyDelete
  84. Latifah F
    17709251055
    PM C S2

    Di dalam Hermeneutika terdapat dua unsur dasar, yaitu lurus dan melingkar. Jika diibaratkan di dalam kehidupan lurus berarti sesuatu itu tidak dapat terulang atau hanya dilewati sekali saja karena kita tidak pernah mengulangi hal yang sama semuanya untuk menembus ruang dan waktu sedangkan dikatakan melingkar adalah seperti bumi yang selalu berputar sehingga adanya interaksi. Sehingga harus dapat memanfaatkan waktu dengan sabaik-baiknya.

    ReplyDelete
  85. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Hermenitika dalam hidup kita terjadi hingga akhir hayat kita. Hermenitika adalah menerjemahkan dan diterjemahkan. Hermenitika hidup memiliki empat tingkatan, mulai dari yang paling bawah tingkatannya yaitu material, formal, normatif, hingga yang paling tinggi tingkatannya yaitu spiritual. Namun, saat ini banyak yang justru membalikkannya menjadi material yang paling atas dan spiritual berada di tingkatan paling bawah. Kita seharusnya sadar bahwa hal-hal yang berkaitan dengan spiritual itu selayaknya menjadi pedoman hidup, karena urusannya dengan Tuhan Yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
  86. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Hermeneutika disampaikan oleh Immanuel Kant sebagai penengah paham teori logika dan pengalaman. Namun, hermeneutika tidak hanya satu itu saja. Hermeneutika juga dapat dipandang sebagai penengah dari paham spiritual dan material. Paham spiritual mempercayai bahwa tuhan itu ada dan segala sesuatu yang kita lakukan berdasarkan kuasa tuhan. Tuhan menciptakan akal manusia sehingga kita mampu berpikir. Maka pikiran sangat menentukan bagaimana manusia itu dalam kehidupannya. Sedangkan paham materialistis ialah paham dimana material (uang, tahta, dll) merupakan tujuan utama manusia dalam menjalani kehidupan. Jika dinaikkan lagi maka menjadi paham nirmatif yaitu apa yang telah dilaukan oleh manusia atau pengelaman manusia yang menentukan bagaimana manusia itu hidup di dunia. Oleh karena itu hermeneutika sebagai penengah diantara keduanya. Hermeneutika artinya kita sebagai manusia hendanya memikirkan atau merefleksikan apa yang dijalani, serta menjalani apa yang telah dipikirkan atau dipertimbangkan sebelumnya.

    ReplyDelete
  87. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Hermenitika berarti menerjemah dan diterjemahkan, atau dapat kita sebut sebagai silaturahim. Dalam hidup, manusia selalu berinteraksi dengan orang lain agar manusia bisa menerjemahkan orang lain maupun diterjemahkan. Hermenitika hidup manusia berbentuk spiral yang berarti bahwa proses terjemah dan menterjemahkan haruslah terjadi secara kontinyu, terus menerus, dan berkesinambungan.

    ReplyDelete
  88. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Di dunia ada yang siklik dan linear, siklik misalnya hari selasa masih akan bertemu dengan selasa kembali, sedangkan linear misalnya tanggal akan selalu bergerak maju. Karena dalam Kehidupan itu tidak pernah berlaku identitas maka hidup adalah gabungan antara siklik dan linear yaitu spiral sehingga hermenitika hidup adalah terjemah dan menerjemahkan segala yang spiral, yang terus maju dan bergerak di ruang dan waktu, mulai dari ranah material atau fisiknya saja hingga sampai pada ranah spiritual. Sekian dan Terima Kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  89. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Hidup itu berdinamika, artinya segala sesuatu tidak akan pernah tetap. Yang baik belum tentu selamanya akan baik, dan yang buruk masih sangat mungkin untuk berubah menjadi baik. Untuk itu dalam hidup ini harus ada tujuan yang jelas. Tujuan yang jelas pun juga harus benar dan baik. Nah untuk mencapai tujuan hidup yang benar dan baik tersebut, seseorang hendaknya mau dan mampu melakukan refleksi terhadap apa yang telah dilakukannya dalam kehidupan, sehingga ia akan memiliki kualitas hidup yang semakin meningkat. Selain itu, dalam menjalani hidup manusia hendaknya memadukan antara aspek formal, normatif, dan material dengan melandasi kesemuanya itu dengan aspek spiritual.

    ReplyDelete
  90. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Hermeneutika secara umum didefinisikan sebagai suatu teori atau filsafat mengenai penafsiran atau interpretasi makna. Hermeneutika hidup dapat diartikan sebagai penafsiran atau penginterpretasian makna dari kehidupan, menerjemahkan dan diterjemahkan. Hidup itu kontinu dan berdinamika, sesuatu selalu berulang namun sesuatu yang berulang itu tidaklah sama, meskipun terlihat sama namun tak benar-benar sama karena ruang dan waktunya telah berbeda.

    ReplyDelete
  91. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Hermatika mencakup beberapa komponen diantaranya yaitu spiritual, normatif, formal, dan meterial yang menerjemahkan dan juga diterjemahkan. Dari keempat komponen ini ada dalam kehidupan dengan lintasan spiras yang melambangkan bahwa semua bersifat divergen. Hal ini menunjukan keseimbangan dalam hidup.

    ReplyDelete
  92. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Hermenetika adalah ilmu yang mengajari bagaimana terjemah dan menterjemahkan. Dalam berfilsafat diperlukan ilmu untuk terjemah dan menterjemahkan. Jika ingin berpikir filsafat, maka harus bisa mengabstraksi, dalam mengabstraksi itu memerlukan fokus. Dalam gambar itu ada gambar garis lurus dan garis melingkar, melingkar untuk maju (dilambangkan garis lurus). Jika ingin maju, maka harus mengalami yang namanya gerakan melingkar. Maju tidak akan bisa dilanjutkan tanpa melingkar.

    ReplyDelete
  93. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Bagi saya, ketika mendengar kata hermenetika, maka itu adalah harmoni. Harmoni tidak mungkin terjadi jika hanya terjadi pada satu struktur saja. Jika memang hanya strukturnya hanya satau, maka ia berharmoni dengan siapa. Berhermeneutika dengan siapa? Sehingga hermeneutika hidup itu plural. Ia meliputi semua yang ada dan yang mungkin ada. Baik material, formal, normatif, maupun spiritual, mereka saling berinteraksi atau bersilaturrahmi untuk menciptakan suatu hermeneutika hidup.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  94. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Seperti yang sudah sering Prof. katakan di kelas, hermeneutika memiliki dua unsur dasar, yaitu lurus dan melingkar. Lurus karena kita tidak pernah mengulangi hal yang sama semuanya menembus ruang dan waktu. Dikatakan melingkar karena adanya interaksi atau silaturrahmi. Hermeneutika ini juga dapat diartikan bahwa suatu cara menerjemahkan dan diterjemahkan tentang segala hal apapun. Mengenai metode tersebut, terdapat nilai-nilai yang tersirat yang terkandung di dalamnya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  95. Ilania Eka Andari
    17709251050s2 pmat c 2017

    Material, formal, normatif dan spiritual adalah aspek-aspek dalam kehidupan. Kehidupan akan terus berjalan dan berputas setiap harinya digambarkan dengan spiral pada diagram diatas. Dalam perkuliahan Ethnomathematics sebelumnya disebutkan bahwa herminitika adalah menerjemahkan dan diterjemahkan. Jadi yang dapat saya simpulkan adalah kehidupan yang terus berjalan dan berputar akan selalu diterjemahkan dan menerjemahkan dalam kesadaran ruang dan waktu untuk menuju tingkat tertinggi kehidupan yaitu spiritual.

    ReplyDelete
  96. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Hermenetika hidup yang paling tinggi derajatnya adalah spiritual dimana kebenaran hakiki itu berada. Dibawah spiritual, terdapat aturan-aturan yang sifatnya normatif dimana aturan-aturan ini yang mengatur kehidupan kita di dunia. Dibawah normatif ada formal dimana formal disini merupakan aturan yang dibuat oleh manusia agar kehidupan di dunia berjalan dan selaran dengan lingkungan mereka. Lalu yang paling dasar adalah material. Inilah yang berada di dunia ini. Segala hal yang ada dan mungkin ada. Mungkin ini sedikit pemahaman saya mengenai gambar yang disajikan bapak. Terimakasih.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  97. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    hermenitika terdiri dari beberapa unsur, antara lain adalah spiritual, normatif, formal, dan material. unsur yang paling tinggi dalam hermenitika hidup adalah spiritual yang dibawahnya terdapat aturan-aturan normatif mengenai kehidupan. yang paling bawah terdapat material yaitu merupakan seluruh kehidupan di dunia.

    ReplyDelete
  98. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Ketika melihat Hermeneutic cycle, sepemahaman saya, berdasarkan masalah-masalah, pengetahuan yang didapat, manusia akan menciptakan interpretasi-interpretasi yang mungkin berbeda, sesuai dengan masalah atau pengetahuan yang dijumpai ketika itu.Pemikiran-pemikiran yang terus berkembang di berbagai aspek inilah yang membuat status manusia berada di tingkatan yang berbeda

    ReplyDelete
  99. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    hermenetika kehidupan meliputu 2 hal, yaitu kurus dan melingkar. keduanya memiliki makna yang berbeda. Lurus berarti kehidupan itu terus maju, menembus ruang dan waktu yang tidak dapat diulangi. Aedangakn melingkar berarti dalam kehidupan ini terjadi interaksi secara terus menerus setiap makhluk. Dan ini tidak dapat dihindari. hHermenetika juga dapat diartikan dengan terjemah dan menterjemahkan.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  100. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Hermenetika mencakup spiritual, normatif, formal, dan material yang saling menerjemahkan dan diterjemahkan. Keempat komponen ada dalam kehidupan ini dengan lintasan spiral yang melambangkan bahwa semua bersifat divergen. Hal ini untuk menuju keseimbangan dalam hidup

    ReplyDelete
  101. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P.Mat A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Ada banyak istilah dalam filsafat yang baru belakangan ini saya ketahui, salah-satunya adalah hermenitika. Tapi apakah yang dimaksud dengan herminitika di situ adalah “hermeunitika”? jika benar, kenapa pak Marsigit menuliskan dengan struktur kata yang berbeda? Jika salah, bisakah bapak menjelaskan secara detail apa yang dimaksud herminitika di situ? Dan saya rasa, bagan di atas masih memerlukan suatu penjelasan yang rinci. Terima kasih.

    ReplyDelete
  102. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam kehidupan di dunia ini ada yang selalu bergerak ke depan, selalu berganti-ganti di setiap waktunya. Ada pula yang bergerak seperti siklus dan mengalami pengulangan di setiap waktunya.
    Dalam hermeneutika kehidupan manusia mengalami siklus pergerakan yang lurus dan berulang-ulang yang digambarkan spiral. Pergerakan yang lurus merupakan dimensi waktu, dan yang berulang-ulang merupakan dimensi ruang. Manusia bisa mengulangi dimensi ruangnya, namun waktu tidak dapat diulang kembali.

    ReplyDelete
  103. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam kehidupan di dunia ini ada yang selalu bergerak ke depan, selalu berganti-ganti di setiap waktunya. Ada pula yang bergerak seperti siklus dan mengalami pengulangan di setiap waktunya.
    Dalam hermeneutika kehidupan manusia mengalami siklus pergerakan yang lurus dan berulang-ulang yang digambarkan spiral. Pergerakan yang lurus merupakan dimensi waktu, dan yang berulang-ulang merupakan dimensi ruang. Manusia bisa mengulangi dimensi ruangnya, namun waktu tidak dapat diulang kembali.

    ReplyDelete
  104. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Herminitika matematika dapat dijabarkan dengan garis lurus dan juga lingkaran. Ia membentuk sebuah spiral. Lurus artinya ia berjalan ke depan dan tidak akan kembali. Maksudnya, kehidupan akan senantiasa berjalan ke depan, ia tidak bergerak ke masa lalu. Bagi mahasiswa yang sedang kuliah filsafat ilmu, ia tidak akan mendapatkan kuliah filsafat ilmu yang sama ruang dan waktunya. Lingkaran maksudnya adalah berulang atau membentuk siklus. Contohnya, bila kuliah filsafat ilmu adalah hari rabu jam 11, maka rabu jam 11 pekan depan kita akan kuliah filsafat lagi.

    ReplyDelete
  105. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Pada telaah metafisik terdapat unsure yang disebut dengan istilah Hermeneutika yang secara umum memposisikan diri secara definitif sebagai suatu teori dan filsafat tentang interprestasi makna. Secara bahasa, awal kata hermeneutika merujuk pada bahasa para filsuf kuno yunani yaitu hermeneuein (menafsirkan, menginterprestasikan, menerjemahkan) dan hermeneia (penafsiran dan interprestasi). Jika hermeneutika dinaikkan akan menjadi aspek spiritual yang interaksinya meliputi hubungan yang bersifat habluminallah dan habluminannas.

    ReplyDelete
  106. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Begitu banyak pertanyaan yang muncul dalam menjalani hidup sehingga dapat dikatakan bahwa pertanyaan dapat merupakan sebuah awal dari ilmu. Dalam memahami sesuatu hendaklah dapat secara bijak menerjemah dan diterjemahkan, memahami lebih dalam. Bentuk hermenetika yang paling tinggi adalah spiritualitas. Ini memang menjadi payung dalam memahami. Karena proses memahami sedalam dan sejauh apapun, harus selalu dilandasi dan dipastikan tidak keluar dari ranah spiritual.

    ReplyDelete
  107. Qorry Aina Fitroh
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241047

    Seperti yang pernah dijelaskan Prof Marsigit bahwa pentingnya hermeneutika kehidupan. Hermeneutika antara teori dan praktek, antara cita-cita dan kenyataannya juga harus dihermeneutikan, antara kompetensi dasar dengan RPP nya, dan lain-lain. Berbagai fenomena kehidupan setelah diasbtraksi secara matematis hanya ada dua, yaitu linear dan siklik. Linear karena kita tidak bisa mengulangi waktu yang telah berjalan dan siklik karena kita insyaAllah akan mengulang hari yang sama untuk minggu depan. Abstraksi keadaan dunia seperti bumi mengelilingi matahari dengan kurva maju berkelanjutan yang tidak akan pernahkembali ke tempatnya, sesuai dengan kehidupan bahwa kita tdak akan bisa kembali mengulangi peristiwa di masa lampau.
    s

    ReplyDelete
  108. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Hermeunitika kehidupan ada 4 komponen yaitu material, normatif, spiritual dan formal. Contoh anata cita-cita dan usaha harus diherminitika karena pentingnya herminitika dalam kehidupan. Herminitika digambarkan dalam dua garis yaitu garis linear dan juga garis spiral. Garis linear artinya bahwa sesuatu hal tidak dapat diulang contohnya waktu. Garis spiral menunjukkan bahwa kehidupan dapat berulang contohnya rutinitas. Kedua garis ini menggambarkan kehidupan manusia di alam dunia ini selalu mengalami perubahan dan juga berproses.

    ReplyDelete
  109. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Sebagaimana yang pernah dijelaskan oleh Prof Marsigit, bahwa kita perlu berhermeneutik dalam hidup. Berbagai fenomena dalam kehidupan sendiri dapat digambarkan dalam dua jenis garis, yakni linear – tidak akan terulang, contohnya waktu– dan siklik – dapat terulang kembali, contohnya kegiatan yang kita lakukan secara rutin (rutinitas). Keduanya senantiasa beriringan dalam kehidupan kita, oleh karena itu kita perlu untuk menggunakan intuisi agar dapat berhermeneutik dalam hidup. Intuisi tersebut dapat berupa ingatan serta kemampuan untuk menentukan pilihan atau abstraksi.

    ReplyDelete
  110. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    Pendidikan matematika A 2015

    Seperti yang pernah dijelaskan oleh Prof Marsigit dalam perkulihan bahwa dalam kehidupa, fenomena bila diabstraksi hanya terdapat dua macam yaitu linear dan siklik. Linear karena kita tidak dapat mengulang waktu dan siklik karena kita akan bertemu hari senin yang akan datang atau dengan kata lain melakukan rutinitas yang ada. Hermenitika mengenai teori dan praktik, misalnya saja antara dosen dengan mahasiswa, gelas dengan isi, KD dengan RPP, LKS dengan kegiatan, matematika dengan rumus, ataupun cita-cita dengan kenyataan. Cita-cita dan kenyataan harus diinteraksikan atau kermenitikakan jangan hanya seketar cita-cita saja tetapi harus ada kenyataannya.

    ReplyDelete
  111. Siti Efiana
    15301241029
    S1- Pend.Mat I 2015

    Terima kasih atas artikelnya, Prof. Hermenetika, yaitu menerjemahkan dan diterjemahkan, dalam gambar tersebut ada 4 komponen hierarki, yaitu material, formal, normatif, dan spiritual. Selain itu ada garis lurus yang menandakan bahwa waktu akan terus berjalan dan tak mungkin kembali, sedangkan garis spiral menandakan kejadian berulang yang kita lakukan sehari-hari.

    ReplyDelete
  112. Febriana Putri Hutami
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241007

    Hermenitika hidup akan berjalan dari waktu ke waktu. Sebagai guru contoh hermenitika yang dilakukan adalah pengabstraksian dari kompetensi dasar dalam RPP. Contoh lain pengabstraksian teori dalam praktek, dan masih banyak lagi. Hermenitika memiliki empat tingkatan yaitu material, formal, normatif hingga yang tertinggi adalah spiritual. Namun, saat ini banyak yang membali tingkatan tersebut menjadikan material sebagai paying kehidupan dan spiritual dikesampingkan. Padahal, spiritual harusnya dijadikan sebagai paying dalam kehidupan yang harus ada dalam setiap aspek dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  113. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Hermeneutika dapat diartika menerjemahkan atau diterjemahkan. Terdapat empat tingkatan hermenutika, mulai dari yang paling bawah tingkatannya yaitu material, formal, normatif, hingga yang paling tinggi tingkatannya yaitu spiritual. Seperti yang disampaikan oleh Prof, dalam hidup sangatlah dibutuhkan hermeneutika. Hermenutika digambarkan dalam dua hal yaitu linear (tidak akan terulang) dan siklik (dapat terulang kembali). Kedua hal tersebut selalu berjalan beriringan.

    ReplyDelete
  114. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Dari artikel di atas saya belajar bahwa hermenitika sangat penting dalam dunia pendidikan. Hal tersebut dapat diartikan sebagai saling bersinerginya komponen-komponen dalam dunia pendidikan seperti misalnya, dengan saling menerjemahkan maksud dan tujuan dari para stakeholder dunia pendidikan sehingga tercapai titik temu yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  115. Raudhah Nur Pratiwi (15301244009)
    S1- Pend. Matematika A 2015

    Bismillah,
    Terimakasih atas diagramnya Prof. Setelah mengamati diagram tersebut, hal yang dapat saya ambil adalah bahwa hermenitika hidup mencakup beberapa komponen, yaitu spiritual, normatif, formal, dan material. Komponen spiritual merupakan komponen yang paling tinggi dalam hermanitika hidup. Komponen-komponen ini akan saling menerjemahkan dan diterjemahkan sehingga tercipta keseimbangan dalam hidup.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  116. Raudhah Nur Pratiwi (15301244009)
    S1- Pend. Matematika A 2015

    Bismillah,
    Terimakasih atas diagramnya Prof. Setelah mengamati diagram tersebut, hal yang dapat saya ambil adalah bahwa hermenitika hidup mencakup beberapa komponen, yaitu spiritual, normatif, formal, dan material. Komponen spiritual merupakan komponen yang paling tinggi dalam hermanitika hidup. Komponen-komponen ini akan saling menerjemahkan dan diterjemahkan sehingga tercipta keseimbangan dalam hidup.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  117. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Hermenetika diartikan sebagai salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Hermenetika hidup menurut saya dapat diartikan sebagai menginterpretasikan makna kehidupan. Dari diagram yang dibagikan oleh Prof. Marsigit, yang menjadi focus pertama saya adalah spiritual. Allah berfirman dalam Al- Qur’an Surah Adz-Dzariyat ayat 56:
    وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
    Yang artinya: “Tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah kepada-Ku”
    (QS: adz-Dzariyat;56)
    Manusia diciptakan di bumi untuk beribadah kepada Allah maka dalam hidup kunci utamanya adalah iman. Dengan agama hidup menjadi tenang. Terimakasih Prof sudah membagikan diagram tentang hermenetika hidup ini.

    ReplyDelete
  118. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Hermenitika yaitu menerjemahkan dan diterjemahkan. Hermenitika hidup memiliki struktur dengan komponen yatu material, formal, normatif, dan spiritual. Seperti yang telah dijelaskan pula didalam perkuliahan, berbagai fenomena hermenitika hidup dapat digambarkan dalam garis. Garis lurus atau linear menggambarkan kejadian yang tidak akan terulang. Sebagai contohnya adalah waktu, bagaimanapun juga waktu tidak akan bisa kembali ke masa yang telah lalu. Garis spiral atau siklik menggambarkan kejadian yang dapat berulang. Sebagai contohnya adalah rutinitas, kegiatan yang dilakukan di hari senin misalnya, akan dapat terulang kembali di hari senin kemudian. Keduanya berjalan beriringan dalam kehidupan dan tidak dapat terpisahkan. Dalam berhemenitika perlu juga adanya intuisi. Hermenitika hidup berkaitan dengan teori dan praktiknya misalnya RPP dan LKS, dosen dengan mahasiswa, matematika dengan rumus, dan lain-lainnya.
    Terimakasih atas artikelnya, Prof.

    ReplyDelete
  119. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    Di dalam hermeneutika terdapat dua unsur dasar, yaitu lurus dan melingkar. Lurus karena tidak pernah mengulangi hal yang sama. Dikatakan melingkar karena adanya interaksi. Hermeneutika ini juga dapat diartikan sebagai suatu cara menerjemahkan dan diterjemahkan.

    ReplyDelete
  120. Isykarima Nur S
    15301241032
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Kita perlu berhermeneutik dalam hidup. Hermeneutika digambarkan dalam dua garis yaitu garis linear dan juga garis spiral. Garis linear ini menandakan atau menggambarkan hal-hal yang tidak dapat diulang lagi. Garis spiral menggambarkan hal-hal yang dapat diulang atau menunjukkan bahwa kehidupan ada yang berulang contohnya rutinitas.

    Kemudian dalam gambar tersebut terdapat empat komponen hierarki, yaitu material, formal, normative, dan yang paling tinggi yaitu spiritual.

    ReplyDelete
  121. Nur Sholihah
    15301241020
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Ketika saya membaca judul artikel ini "Hermenitika Hidup" saya bertanya-tanya apa itu hermenitika? kemudian dari penjabaran Bapak saya tahu bahwa Hermenetika adalah bahasan soal sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Hermenitika hidup memiliki struktur dengan komponen yatu material, formal, normatif, dan spiritual.

    ReplyDelete
  122. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Hermeneutika merupakan salah satu jenis filsafat uang mempelajari tentang interpretasi makna. Sehingga hermeneutika berarti menafsirkan, memberi pemahamana atau menerjemahkan. Dalam kehidupan dapat maknai dari komponen hirarki material, formal, normatif dan juga spiritual struktur hermeneutika dalam hidup hanya satu yang bersifat plural.

    ReplyDelete
  123. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih prof, dari diagram tersebut saya dapat melihat bahwa dalam hermenitika hidup ada empat tingkatan yaitu material, formal, normatif, dan spiritual. Spiritual berada di tingkatan tertinggi, karena kita hidup di dunia ini adalah untuk menyembah-Nya dan memohon ridho-Nya.

    ReplyDelete