Nov 8, 2014

Hermenitika Hidup

Ass Wr Wb



Struktur Dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada; satu diantaranya adalah struktur yang saya gunakan untuk membuat diagram di bawah ini yang meliputi komponen berdimensi hirarkhi: material, formal, normatif, dan spiritual. Kita dapat membayangkan betapa banyak fenomena hermenitika yang terjadi jika kita menerapkannya pada setiap struktur yang ada dan yang mungkin ada. Pengantar ini saya buat untuk menghindari salah paham bahwa struktur hanyalah satu, atau hermenitika hanyalah satu. Selama kita masih di dunia dan masih bericara tentang urusan-urusan dunia maka kita mendapatkan Struktur yang bersifat plural. Oleh karena itu diagram berikut memang hanyalah 1 (satu) contoh dari yang ada dan yang mungkin ada. Selamat menyimak.
Ass Wr Wb


                                                 Diagram oleh Marsigit (2014)

51 comments:

  1. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hermenitika hidup adalah mengenai menerjemahkan dan diterjemahkan. Setiap hal dalam hidup ini saling diterjemahkan dan menerjemahkan. Hidup ini terdiri atas empat aspek yaitu aspek material, formal, normatif dan spiritual. Jika manusia hidup hanya untuk urusan dunia, ia hanya menerjemahkan dan diterjemahkan oleh segala urusan dunia, maka ia berhermenitika pada aspek material. Tapi ingatlah bahwa manusia hidup untuk beribadah kepada Allah SWT. Maka setinggi-tinggi berhermenitika hidup adalah berhermenitika pada aspek spiritual. Untuk menggapai hal tersebut, maka manusia selalu berusaha meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Hermeneutika berasal dari kata kerja dalam bahasa Yunani hermeneuien yang berarti menafsirkan, memberi pemahaman, atau terjemahan. Sedangkan hermeneutika hidup bisa dimaknai menerjemahkan dan diterjemahkan. Misalnya saja dalam proses pembelajaran, seorang guru seharusnya bisa dengan baik menerjemahkan semua ilmu yang dia dapat agar bisa diterima oleh siswanya dengan baik, begitu juga sebaliknya siswa sebaiknya juga menerjemahkan apa yang dimaksudkan oleh gurunya. Sehingga dalam kehidupan ini dapat berjalan dengan seimbang, baik itu menerjemahkan maupun diterjemahkan. Untuk gelombang yang berbentuk spiral tercantum itu pun bisa dimaknai sebagai kehidupan ini yang seperti roda, adakalanya kita harus dipahami, adakalanya pula kita harus memahami. Semua itu tetap harus kita imbangi dengan spiritual agar arah dan tujuan hidup kita tidak goyah akan semua cobaan yang datang menghampiri.

    ReplyDelete
  3. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Hermenentika sudah dijelaskan oleh bapak marsigit adalah “bergoyang-goyang”, maksudnya adalah sikap menerima tentang suatu informasi tidak mentah-mentah, memikirkan kembali dengan logika. Seperti yang sudah Prof Marsigit sampaikan bahwa jika ingin mengetahui latar belakang pendidikan dan landasan pendidikan serta masa depan pendidikan. Itu wadahnya tidak lain dan tidak bukan adalah filsafat pendidikan. Untuk mengetahui filsafat pendidikan maka belajarlah filsafat. maka peran filsafaat sangat berperan dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  4. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    kita tahu bahwa Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa yunani hermeneuien yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Semua itu dilandasakan atas normatif, formal dan material yang mana ketiga itu unsur yang membangun hermenitika itu sendiri, yang man aibjek amterila berada dibawah sebagai pondasi lalu ke formal dan yang paling teratas adalah normatif. Ketiga itu lalau di intrepretasikan menghasilkan suatu ipengetahuan yang baru.

    ReplyDelete
  5. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kurva yang Bapak buat menjadi sebuah gambaran hermenitika hidup. Pertama, hidup itu cenderung linier seperti panah. Karena hidup di dunia bersifat terus maju dan tidak bisa kembali. Kemudian hidup ini berjalan dengan pola yang sama atau berputar seperti lingkaran dimana pagi ketemu pagi, siang ketemu siang dan sebagainya. Kita menjalani hidup secara siklik. Namun yang membedakannya ialah perkembangan apa yang terjadi setiap harinya, perkembangan inilah yang kemudian menentukan apakah kurva linier kita mengembang atau tidak.

    ReplyDelete
  6. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Saya meyakini betul bahwa setiap kegiatan manusia adalah berhemenetika dalam memikirkan semua yang ada dan yang mungkin ada. Perjalanan kehidupan manusia memanglah tidak lurus, tetapi berbentuk spiral yang menunjukkan adanya perubahan pada setiap perubahan ruang dan waktu pula. Hal ini mencakup formal, material dan spiritual nya pula.

    ReplyDelete
  7. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Seperti yang disampaikan Pak Marsigit saat kuliah etnomatematika, hermenetika atau silaturahim adalah mempertemukan apa yang ada di langit dengan apa yang ada di bumi. Apa yang ada dipikiran diinterpretasikan dalam dunia nyata agar menyempurnakan ilmu.

    ReplyDelete
  8. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hermenetika adalah mempertemukan apa yang ada di langit dan apa yang ada dibumi. Sesuai dengan gambar tersebut, terlihat bahwa teori menempati posisi langit dan praktik menempati posisi bumi, yang artinya bahwa dalam hidup misalnya belajar matematika, kita memulai dari bawah yaitu praktik. Karena masa awal peserta didik belajar, mereka akan mempraktikkan pengetahuan terlebih dahulu (melihat sesuatu yang konkret) atau yang sering disebut dengan matematika sekolah. Baru kemudian, menurut salah satu teori belajar, anak usia 12 tahun mulai dikenalkan dengan sesuatu yang abstrak (teori). Bentuk spiral tersebut menandakan bahwa dalam belajar kita akan menemukan hal-hal baru sehingga untuk mengetahuinya kita kan mempraktikkannya terlebih dahulu kemudian baru mengetahui teorinya, seperti itu terjadi secara kontinu.

    ReplyDelete
  9. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Pada komen sebelumnya saya berkomentar bahwa kehidupan ini siklik.
    Namun pada kali ini saya akan berkomentar mengenai aspek dari hermeneutika hidup yang digambarkan dalam gambar tersebut. Aspek tersebut ialah teori dan praktik. Digambarkan bahwa praktik terletak di bawah dan yang terletak di atas adalah teori. Maksudnya adalah bahwa manusia hidup tidak langsung mengenal teori, namun memulainya dari praktik.

    ReplyDelete
  10. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Hermeunitika dalam arti sempti artinya terjemah dan menterjemahkan. Terjemah dan menterjemah yang dimaksudkan adalah secara implisit dan ekplisit, terbuka dam bebas. Dalam proses pembelajaran, guru menerjemahkan siswanya. Begitupun sebaliknya siswa dapat menerjemahkan guru. Hermeunitika hidup manusia berbentuk spiral atau melingkar dan ada yang berupa garis lurus. Melingkar atau spiral karena berasal dari pengalaman hidup manusia yang terjadi berulang-ulang. Dan hermeunitika yang lurus karena hal yang dialami tersebut tidak dapat terulang lagi, misalnya waktu yang terus maju dan tidak pernah kembali. Hermenetika harus sesuai dengan dimensi ruang dan waktu yang dimiliki seseorang.

    ReplyDelete
  11. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Hermenitika memiliki kaitan dengan interpretasi pemahaman tentang semua yang ada dan yang mungkin ada. hermenitika hidup memiliki gambaran pemahaman mengenai kehidupan. Berdasarkan herminitika hidup, struktur dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada dengan beberapa komponen mengenai berdimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Jika komponen-komponen ini diterapkan, akan ada banyak fenomena herminitika dalam hidup dan kehidupan. diagram hermenitika yang digambarkan di atas, hanya merupakan gambaran kecil dari banyak hal yang mungkin dari yang ada dan mungkin ada.

    ReplyDelete
  12. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Hermeneutika adalah proses menerjemahkan dan diterjemahkan dari objek yang ada dan yang mungkin ada dari awal dunia sampai akhir dunia. Hermeneutika berasal dari kata dewa di Yunani Kuno yaitu dewa hermes. Hermeneutika dalam hidup merupakan suatu interpretasi yang dilakukan secara terus menerus hingga mengerucut. Dalam pembelajaran matematika hermenetika terdiri atas garis lurus yang menunjukkan bahwa pembelajaran akan berjalan terus menerus dan melingkar yang artinya kita dapat mengulanginya hanya saja berbeda ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  13. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Saya sependapat bahwa struktur kehidupan tidak hanya satu. Namun saya juga ingin menambahkan pikiran saya, bahwa struktur kehidupan bukan hanya berbilang, tetapi juga berdimensi. Dimensi tersebut juga berdimensi lagi. Sehingga bukan hanya multidimensi, tetapi juga multi-multidimensi. Oleh karena itu, jika kita menerjemahkan struktur kehidupan hanya ke dalam satu dimensi, akan terjadi banyak pandangan dan setiap pandangan memiliki kesalahan. Untuk itu diperlukan studi yang lebih mendalam mengenai struktur kehidupan. Hermeneutika merupakan salah satu upaya dalam mempelajari atau menterjemahkan struktur kehidupan tersebut.

    ReplyDelete
  14. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Segala sesuatu yang terjadi pada manusia dalam filsafatnya hermenitika. Dalam hidup kita harus selalu berusaha dan melakukan segala sesuatunya selalu beriringan dengan spiritualitas. Seperti yang kita ketahui, bahwa hidup ini terus berjalan kedepan atau tidak akan pernah kembali kepada ruang dan waktu yang sama. Sehingga marilah dalam hidup ini sebaiknya berikhtiar dan berdoa hanya kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  15. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014


    Saya mengenal makna Hermenetika baru-baru ini dari penjelasan Prof. Marsigit. Hermenetika adalah bahasan soal sesuatu yang ada yang mungkin ada. hal ini mengajarkan bahwa hidup adalah persoalan petemuan apa yang di langit dan apa yang di bumi, normatif dan formal, spiritual dan material. seperti dalam pembelajaran matematika, semua bermula dari benda-benda yang nyata hingga pada akhirnya mulai mengenal abstraksi. sejatinya hidup adalah siklik seperti yang digambarkan pada diagram tersebut.

    ReplyDelete
  16. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hermenitika adalah soal menerjemahkan dan diterjemahkan. Hermenitika hidup berarti diterjemahkan dan menerjemahkan hidup. Struktur dunia adalah ada dan yang mungkin ada. Persoalannya adalah dari satu pertanyaan. Diterjemahkan dan menerjemahkan “Apa?” dimana itu ada di dalam pikiran kita. Jika dinaikkan “apa?” menjadi di dalam spiritual. Jika diturunkan “apa?” menjadi di dalam material. Jika diteruskan “apa?” menjadi normatif. Perantanya di antara semua itu ada “bagaimana formalnya?”. Apabila semua ini sudah dijalankan akan menjadi hermenitika.

    ReplyDelete
  17. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut beberapa sumber referensi yang saya baca, hermeneutika merupakan salah satu jenis filsafat mengenai interpretasi makna, pernafsiran, dan penerjemahan. Hermenitika hidup berarti menginterpretasi, menafsirkan, dan menerjemahkan makna hidup. Struktur yang ada di dunia ini meliputi komponen material, formal, normatif, dan spiritual.

    ReplyDelete
  18. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hermenitika atau sering diartikan sebagai interaksi merupakan interaksi bagaimana menghubungkan antara material dengan spiritual. Dalam perkuliahan yang pernaha Bapak sampaikan, dijelaskan bahwa di antara komponen material dan spriritual terdapat komponen formal yang dapat berupa tulisan, dokumen ataupun pengalaman. Selain itu ada juga komponen normatif yang dapat berupa ilmu pengetahuan dan referensi. Itulah proses menhubungkan apa yang ada di bumi dengan yang ada di langit.

    ReplyDelete
  19. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Keadaan subjek dengan sifat tanpa sifat itu adalah keadaan di mana subjek dan objek komunikasi juga meluruh ke dalam keadaan di mana subjek dan objek matematika yang tidak dapat dibedakan lagi. Artinya, tiada subjek dan objek komunikasi matematika pada tataran metafisik dari komunikasi spiritual dapat diidentifikasi dengan menggunakan hubungan korelasional potensi dan vitalitas subjek dan objek. Hubungan korelasional ke dalam kemudian mentransformasikan semua potensi dan vitalitas matematika ke dalam subjek absolut. Subjek absolut merupakan subjek dengan dimensi tertinggi yang mengatasi segala subjek dan objek komunikasi sekaligus juga mengatasi semua jenis komunikasi yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  20. Hermeneutika berarti terjemah dan menterjemahkan. Hal yang ada dan mungkin ada dapat diterjemahkan ke dalam hal lain atau malah menerjemahkan. Hermeneutika memiliki dua unsur dasar, yaitu lurus dan melingkar. Dikatakan lurus karena kita tidak pernah mengulangi hal yang sama. semuanya bergerak lurus menembus ruang dan waktu. Dikatakan melingkar karena adanya pengulangan waktu atau raung, pagi siang sore malam, pulang pergi. Hermeneutika hidup manusia adalah gabungan antara garis lurus dan garis melingkar tersebut, sehingga menjadi spiral. Dikatakan spiral karena kehidupan manusia akan terus berjalan dan hal yang sudah terjadi di masa lalu tidak mungkin dapat diulang lagi. Hermenetika terjadi pada level materil, formal, normatif dan spiritual.

    ReplyDelete
  21. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hermenitika memiliki arti menafsirkan atau menterjemahkan. untuk itu hermenitika hidup artinya menafsirkan hidup , dimana dalam hermenitika itu terdapat empat aspek yaitu material, formal, normatif dan spiritual. Ke empat aspek tersebut saling berkaitan dan saling melengkapi. Spiritual berada di paling tinggi karena hidup harus beragama dan bertagwa kepada Allah SWT. Semua yang ada dibumi berasal dari-Nya.

    ReplyDelete
  22. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Seperti halnya yang sudah diterangkan Bapak dalam mata kuliah etnomatematika, makna dari hermenetika hidup itu sendiri adalah menyatukan apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Apa yang ada dalam fikiran/ angan-angan dengan apa yang tampak nyata sehingga nantinya kedua unsur ini dapat berjalan beriringan bersama-sama (bersilaturahmi) agar tercipta kesempurnaan tujuan yang diinginkan.

    ReplyDelete
  23. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Hermenitika berarti menerjemah dan diterjemahkan, atau dapat kita sebut sebagai silaturahim. Dalam hidup, manusia selalu berinteraksi dengan orang lain agar manusia bisa menerjemahkan orang lain maupun diterjemahkan. Hermenitika hidup manusia berbentuk spiral yang berarti bahwa proses terjemah dan menterjemahkan haruslah terjadi secara kontinyu, terus menerus, dan berkesinambungan.

    ReplyDelete
  24. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Hidup itu adalah sebuah proses, di dalam nya terdapat berbagai unsur, mulai dari yang ada sampai ke yang mungkin ada. bagaimana hermenetika dalam hidup itu adalah kaitannya dengan unsur-unsur yang ada dan yang mungkin ada tersebut. unsur-unsur yang ada dan yang mungkin ada tersebut adalah dalam aspek material, formal, normatif, dan yang paling tinggi adalah spiritual.

    ReplyDelete
  25. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Diagram spiral seperti itu kini memang dirasa lebih relevan. Seperti halnya diagram siswa yang sedang belajar. Diagram ini tentang kehidupan mengenai spiritual, normatif, formal, dan material. Dimana keempatnya berkembang bergantian antara spiritual normatif, formal dan material. seusai dari spiritual hingga material akan kembali lagi pada spritual lagi namun, antara spiritual saat ini dan yang lalu adalah berbeda dan tentu saja tingkatannya lebih tinggi dari sebelumnya. Hal ini menunjukan adanya perkembangan kearah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  26. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Fenomena hermenitika yang digambarkan meliputi penggabungan lingkaran dan garis lurus, yang membentuk spiral yakni dua hal yang ada (lingkaran dan garis), bila digabungkan akan melalui suatu proses (spiral), dimana proses tersebut akan menciptakan suatu hasil. Disebutkan pula, bahwa tahapan hermenitika tersebut mulai dari material, formal, normatif hingga spiritual, menyatakan bahwa suatu proses tersebut merupakan penggabungan antara apa yang ada di bumi dan di langit. Misalnya dalam berlajar matematika, pada mulanya merupakan material yang konkrit kemudian di bawa ke matematika formal, hingga spiritual diperoleh ketika kita meluruskan niat mencari ilmu dengan mengharap keridhaan-Nya, yang inshaaAllah proses kita akan bernilai ibadah.

    ReplyDelete
  27. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Menurut pendapat saya, hermenitika kehidupan mencakup dimensi material, formal, normatif dan spiritual yang pemaknaannya digambarkan berupa lingkaran, spiral dan garis lulus dalam berbagai praktik dan teori-teori kehidupan. Lingkaran menggambarkan bahwa material dan formal merupakan kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi oleh manusia, manusia bekerja dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan material dan menggapai formalnya. Antara formal dan normatif terdapat bentuk spiral yang berarti bahwa kehidupan manusia terus berjalan dan berputar-putar menuju kepada dimensi yang normatif. Berbagai bentuk pemaknaan dimensi material, formal dan normatif, diarahkan secara garis lurus kepada dimensi spiritual. Jadi, spiritual adalah yang paling utama dan terutama dalam hermenitika kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  28. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. dari gambar saya merefleksi bahwa hidup itu berjalan lurus dan berjalan melingkar. Dalam hidup terdapat dua aspek yakni spiritual dan material. Aspek spiritual berjalan lurus, sedngakan aspek material berjalan secara melingkar. Aspek spiritual menurunkan aspek normatif, sedngkan aspek material menghasilkan aspek formal. Kesua aspek saling berinteraksi secara melingkar dan lurus secara terus menerus.

    ReplyDelete
  29. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Berdasarkan diagram mengenai hermeneutika dan paparan yang telah dijelaskan oleh Bapak Prof. Marsigit M.A dalam perkulihan etnomatematika, yang dimaksud dengan hermeneuitika hidup itu mengambarkan hidup itu ada unsur melingkar, tapi lingkaran tersebut belum tentu berputar sehingga perlu ditingkatkan /diputar dengan adanya kala/waktu.

    ReplyDelete
  30. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Selain itu hidup juga diibaratkan seperti cakra manggilingan kadang diatas dan kadang dibawah selain itu hidup itu juga harus dipercaya/ amanah.

    ReplyDelete
  31. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Begitu juga dalam pembelajaran matematika juga harus dipercaya. Agar pembelajaran matematika dapat dipercaya maka harus berdasarkan keinginan siswa itu sendiri.

    ReplyDelete
  32. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menurut penjelasan ketika kuliah Etnomatematika, hermeneutika meurapakan mempertemukan sesuatu yang ada di langit dan di bumi,belajar merupakan suatu kesinambungangan. dimulai dari mengkonstruk pengetahuan dengan benda atau sesuatu konkrit hingga tahap abstraksi.

    ReplyDelete
  33. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Struktur dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Banyak tentang berbagai macam struktur dunia menurut tokoh-tokoh dunia. Hal ini karena struktur dunia bersifat plural. Diagram yang dibuat oleh Prof. marsigit adalah salah satu contoh dari yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete

  34. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari diagram Hermenitika Hidup oleh Bapak Prof. Marsigit, kita bisa tahu bahwa pembelajaran matematika, siswa yang diberikan pembelajaran inovatif akan menghasilkan outpout siswa yang bisa berpikir kreatif dan cerdas.

    ReplyDelete
  35. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari diagram Hermenitika Hidup oleh Bapak Prof. Marsigit dan perkuliahan etnomatematika, kita mendapatkan pembelajaran bahwa hidup adalah menyatukan antara yang ada di langit dan yang ada di bumi sehingga keduanya bisa bersilaturahmi (bertemu) untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan.

    ReplyDelete
  36. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dengan belajar hermenitika hidup, kita dapat memahami/ menterjemahkan bahwa hidup itu menyatukan antara yang ada di bumi dengan yang di langit. Artinya bahwa sebagai manusia tidak boleh hanya memikirkan duniawi saja tetapi ingatlah bahwa Allah SWT yang menciptakan kita maka kita sembari memikirkan dunia, kuatkan dengan beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  37. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dan ingat bahwa hidup itu slalu berputar. maka kita sebagai manusia harus slalu mensyukuri apa yang kita peroleh. ketika berada diatas janganlah bersikap sombong, belum tentu akan bertahan selamanya. Ketika di bawah, dalam keadaan tersebut Allah menguji kita sebagai manusia, seberapa kuat kita menjalani kehidupan ketika menghadapi keterpurukan.

    ReplyDelete
  38. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Pada dasarnya, hermenetika hidup adalah sebuah proses, yaitu proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Semua yang ada itu saling menterjemah dan diterjemahkan. Siswa dan guru juga bisa saling memahami dan mampu berkomunikasi dengan baik ketika mampu melalui proses menterjemahkan dan diterjemahkan. Maka hidup ini adalah proses menterjemahkan dan diterjemahkan.

    ReplyDelete
  39. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Hermenitika berasal dari bahasa Yunani yang artinya terjemahan, hidup itu mengenai menerjemahkan dan diterjemahkan, keduanya saling terkait, contoh dalam pembelajaran guru dapat menerjemahkan materi sedangkan siswa diterjemahkan materi oleh guru dan siswa menerjemahkan apa yang dijelaskan oleg guru. Sehingga keduanya saling terkait.sealin it dalam kehidupan juga harus saling memahami dan dipahami , memahami apa yang orang rasakan dan pikirkan dan kita terkadang juga dipahami oleh orang, jadi memang saling terkait.

    ReplyDelete
  40. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hermenetika atau yang biasa disebut interaksi atau silaturahmi memiliki makna menyatukan apa yang ada di langit dengan apa yang ada di bumi, menyatukan hal yang sifatnya spiritual dengan yang sifatnya material. Sebelum menyetukan antara material dan spiritual ini, dari material akan melalui proses formal dan normatif terlebih dahulu sebelum akhirnya menyatu dengan spiritual. Setiap hermenetika hidup atau interaksi ini harus selalu bersifat akuntabel atau dapat dipervaya dan sustain atau berlangsung terus menerus atau istikomah.

    ReplyDelete
  41. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam hidup, awal kita belajar di mulai dari bentuk-bentuk material yang dapat dilihat. Kemudian, dari situ kita akan menemukan yang namanya fenomena atau kasus.Dari fenomena tadi kita akan memperoleh pengetahuan yang di dalamnya terdapat teori atau konsep dan notasi yang dapat dipahami. Setelah itu, kita akan memperoleh konsep-konsep yang sulit untuk dipahami namun tetap harus diterima kebenarannya karena konsep tersebut sudah bersifat spiritual. Konsep terkecil dari pengetahuan itu kita peroleh dengan adanya ruang waktu yang berbeda.
    Dari fenomena yang cyclic atau berputar itu akan ditarik oleh waktu secara linear yang akhirnya akan membentuk spiral atau bumi.

    ReplyDelete
  42. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hermenuetika berasal dati bahasa yunani yang artinya menerjemahkan atau menafsirkan. Seperti gambar pada laman ini hermeneutika mempertemukan segala sesuatu yang di langit dengan di bumi. Sama halnya dengan belajar matematika yang dijelaskan dalam kuliah etnomatematika tugas guru pada khususnya di sekolah dasar yakni menghubungkan matematika kongkret untuk kemudian diarahkan ke ilmu matematika (teori)

    ReplyDelete
  43. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hermenitika hidup dapat digambarkan menjadi beberapa komponen berdimensi hirarkhi: material, formal, normatif, dan spiritual Dari gambar tersebut material, formal, normatif, dan spiritual tersusun dari bawah ke atas, artinya hidup manusia seperti itu. Dan gambar lainnya yaitu menuju keatas dan lingkaran artinya dengan tujuan menuju ke masa depan yang lebih baik serta dengan sustainnya. Sehingga dalam perjalanannya manusia akan mengalami berbagai siklus untuk mencapai kebaikan di dunia maupun di akhirat.

    ReplyDelete
  44. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Dalam memahami Hermenitika hidup, ada dua unsur di dalamnya yaitu garis lurus dan garis melingkar. Garis lurus ini menggambarkan bahwa di dalam hidup kita tidak akan pernah mengulangi hal yang sama. Dan garis melingkar ini menggambarkan interaksi, bahwa hidup ini saling berkelanjutan dan saling mempengaruhi.

    ReplyDelete
  45. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari interpretasi. Hermeneutika juga daoat diartikan sebagai tindakan memahami pesan yang disampaikan Tuhan dalam kitab suci-Nya secara rasional. Persoalan utama hermeneutika terletak pada pencarian makna teks, apakah makna obyektif atau makna subyektif. Hermeneutika dalam hidup terdiri dari spiritual, normative, formal, dan material. Tingkat yang paling atas adalah spiritual sementara tingkat yang paling dasar adalah material.

    ReplyDelete
  46. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hermenitika bisa juga diartikan sebagai suatu cara menerjemahkan dan diterjemahkan tentang segala sesuatu. Hermenitika hidup dalam proses pembelajaran matematika ketika peserta didik berusaha membangun ilmu pengetahuannya tentang matematika dimana mereka sedikit demi sedikit menambah ilmunya.

    ReplyDelete
  47. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Di dalam Hermeneutika terdapat dua unsur dasar, yaitu lurus dan melingkar. Lurus karena kita tidak pernah mengulangi hal yang sama semuanya menembus ruang dan waktu. Dan dikatakan melingkar karena adanya interaksi. Hermeneutika ini juga dapat diartikan bahwa suatu cara menerjemahkan dan diterjemahkan tentang segala hal apapun. Mengenai metode tersebut, terdapat nilai-nilai yang tersirat yang terkandung di dalamnya. Implementasi dari metode hesmenetika dalam proses pembelajaran matematika ini diharapkan siswa dapat mengeksplor potensi kecerdasan maupun intelektualnya lebih mendalam, sehingga siswa dapat mandiri dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  48. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Hermenitika Hidup merupakan suatu gambaran dari kehidupan manusia. Hermenitika Hidup meliputi empat aspek, yaitu aspek material, formal, normatif, dan spiritual. Sedangkan Hermenitika Hidup maksudnya hidup itu merupakan proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Dalam dunia pendidikan, seorang guru dapat memahami apa yang dipikirkan muridnya dan murid dapat memahami apa yang dipikirkan gurunya karena adanya proses saling menerjemahkan.

    ReplyDelete
  49. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Manusia pasti selalu melakukan kegiatan berpikir, bahkan ketika seseorang sedang melamun, pasti dia sedang memikirkan sesuatu. Dalam proses berpikir, pasti melibatkan pengetahuan yang telah diketahui dari pengalaman baik pengalaman langsung maupun tidak langsung. Akan tetapi pikiran kita terkadang tidak selalu lurus, terkadang melenceng terlalu jauh sehingga menyebabkan kita menjadi berpikiran negatif/jelek. Hal tersebut sebaiknya di hindari dengan membiasakan diri untuk selalu berpikiran yang baik/positif.

    ReplyDelete
  50. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hermenetika atau interaksi atau silaturahmi merupakan kegiatan yang mempertemukan antara yang ada di langit dan yang ada di bumi. Yang ada di langit adalah teori, sedangkan yang ada di bumi adalah praktik. Artinya, dalam hidup, kita memiliki teori-teori yang kita yakini. Kemudian, selain memiliki teori, kita juga melakukan praktik atau kegiatan. Dalam hal ini, teori yang diyakini dan praktik yang dilakukan harus selalu sesuai satu sama lain. Sehingga, setiap kegiatan yang dilakukan akan dapat dipercaya dan berlangsung secara terus menerus.

    ReplyDelete
  51. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hermenetika hidup adalah proses silaturahmi antara langit dan bumi. Yaitu antara spiritual, normatif, formal, dan material, atau antara teori dan pengalaman agar terwujud kehidupan yang seutuhnya . Bahwa teori-teori yang ada tidak akan bermanfaat tanpa praktik atau pengalaman, dan pengalaman tanpa praktik juga tidak akan bermakna.

    ReplyDelete