Nov 8, 2014

Hermenitika Hidup

Ass Wr Wb



Struktur Dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada; satu diantaranya adalah struktur yang saya gunakan untuk membuat diagram di bawah ini yang meliputi komponen berdimensi hirarkhi: material, formal, normatif, dan spiritual. Kita dapat membayangkan betapa banyak fenomena hermenitika yang terjadi jika kita menerapkannya pada setiap struktur yang ada dan yang mungkin ada. Pengantar ini saya buat untuk menghindari salah paham bahwa struktur hanyalah satu, atau hermenitika hanyalah satu. Selama kita masih di dunia dan masih bericara tentang urusan-urusan dunia maka kita mendapatkan Struktur yang bersifat plural. Oleh karena itu diagram berikut memang hanyalah 1 (satu) contoh dari yang ada dan yang mungkin ada. Selamat menyimak.
Ass Wr Wb


                                                 Diagram oleh Marsigit (2014)

10 comments:

  1. Junianto
    17709251065
    PM C

    Hermenetika Hidup merupakan suatu gambaran dari kehidupan manusia. Hidup itu melputi empat aspek, yaitu aspek material, formal, normatif, dan spiritual. Sedangkan hermenitika hidup maksudnya hidup itu merupakan proses menerjemahkan dan diterjemahkan atau saling menterjemahkan. Dengan saling menterjemahkan, maka setiap orang akan paham apa yang dimaksud orang lain ketika berinteraksi dengannya, sehingga proses yang lain pun dapat berjalan dengan seimbang.

    ReplyDelete
  2. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Hidup mempunyai sebuah proses untuk mencapai hal yang manusia inginkan. Manusia memiliki kewajiban beribadah. Setiap hal yang dilakukan oleh manusia akan bermanfaat jika ada niat ikhlas dalam melakukannya dan niat untuk ibadah. Manusia harus mengatur dengan seimbang atau menjaga keseimbangan antara kebutuhan dan kewajiban dunia dan akhirat. Hal pertama yang akan didapatkan manusia jelas pasti akan berupa sebuah mateerial yang akan tampak nyata dan bisa dimanfaatkan sebagai apa saja, kemudian normatif yakni berasal dari persaaan dan direspon oleh perasaan dan ditindaklanjuti oleh perbuatan sehingga terciptalah formal yang mengatur beberapa aspek kehidupan.

    ReplyDelete
  3. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035

    Postingan ini adalah gambar tentang hermeneutika hidup karya Prof. Dr. Marsigit, M. A. Hermeneutika hidup yang digambarkan dalam gambar ini terdiri dari dua aspek, yaitu spiritual dan material. Digambarkan bahwa material terletak di bawah dan yang terletak di atas adalah spiritual. Yang dapat saya simpulkan bahwa hidup ada yang bersifat linear ada yang bersifat siklik. Untuk linear disebutkan bahwa hidup berawal dari material menuju ke spiritual, dan untuk siklik menunjukkan bahwa hidup berputar, dari material, menuju ke siklik, menuju ke material lagi, menuju ke siklik lagi hingga seterusnya tanpa putus.

    ReplyDelete
  4. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Hermenetika dapat digambarkan sebagai garis spiral. Spiral berarti bergerak maju secara terus menerus, pergerakan tersebut melingkar tetapi tidak pernah menempati titik yang sama. Misalnya kita hidup tidak akan pernah menempati waktu yang sama, namun waktu yang kita lewati berulang, seperti senin kembali ke senin, dan seterusnya, hanya saja senin yang satu berbeda dengan senin yang satunya. Dalam kehidupan spiritual, kita bisa mengartikan hermenetika sebagai suatu keadaan ketika kita mengalami kegagalan terdapat istilah kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda

    ReplyDelete
  5. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Mohon maaf, pak Prof. Saya terganggu dengan istilah "Hermenitika". Apakah yang dimaksud di situ adalah "Herme(neu)tika"? Atau, apakah istilah " hermenitika" memiliki artinya sendiri?
    Wassalam.

    ReplyDelete
  6. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A 2017

    Hidup memiliki empat komponen yaitu material, formal, normatif dan spiritual. Maka aspek tertinggi adalah spiritual, karena hidup kita semata-mata untuk kembali kepada-Nya. Namun urusan dunia juga tak bisa diabaikan. Karena itu di dalam hidup, manusia selalu mencari arah baru untuk dituju. Untuk menemukan arah yang tepat, manusia haruslah memiliki pengertian yang tepat pula. Hanya dengan memahami diri secara tepatlah manusia bisa mewujudkan potensi-potensinya seoptimal mungkin agar tercipta keselarasan antar komponen.

    ReplyDelete
  7. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika

    Bismillah

    mengamati diagram diatas tentang Hermeneutika hidup, yang saya tangkap disini mengenai garis lurus dan lingkaran itu seperti yang bapak jelaskan di kelas mata kuliah Filsafat ilmu, bahwa siklis itu menggambarkan reinkarnasi, contohnya jika hari ini bapak mengajar dikelas kami, dan minggu lalu bapak juga mengajar di kelas kami, maka bapak saat ini merupakan reinkarnasi dari bapak minggu lalu. begitu juga dengan garis lurus itu, menggambarkan bahwa dalam hidup itu ada hal-hal yang terus berlanjut dan idak akan pernah berulang.

    ReplyDelete
  8. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Hermenitika hidup mengandung point-point penting dari unsur-unsur kehidupan, terutama spritual.
    hidup harus dilandasi keyakinan penuh terhadap pencipta, karena kita hanyalah sebuah pion yang kapanpun bisa gugur jikalau sang pencipta sudah merindukan kita. Maka dari itu perlu selalu intropeksi diri sejauh mana kita telah mempersiapkan diri kita dari segala apa yang diperlukan kelak.

    ReplyDelete
  9. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Hermeneutika hidup dapat diartikan sebagai memaknai hidup. Cara orang memaknai hidup berbeda-beda. Namun makna kehidupan telah tertuang ke dalam beberapa dimensi hierarki yang telah disebutkan oleh Prof Marsigit dalam diagram pada postingan ini, yaitu spiritual, normatif, formal, dan material. Ada orang yang memaknai hidup dengan lebih mencondongkan diri ke aspek spiritual. Orang tersebut akan banyak mengaitkan kehidupannya, hal-hal yang dilakukannya, dan memandang kehidupan dari sudut pandang spiritual. Ada orang yang memaknai hidup dengan lebih mencondongkan diri ke aspek material. Yang dicari orang tersebut adalah material yang mungkin memenuhi dan melengkapi kebutuhan hidupnya secara fisik bahkan psikis. Namun hidup yang sebenarnya menurut saya adalah dengan menghadirkan makna yang baik dimana pun, kepada siapa pun atau apa pun. Secara logis, spiritual, normatif, formal dan material saling berkaitan. Norma-norma yang ada tentunya hadir dari ajaran spiritual yang mendekatkan diri dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  10. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Sebagai ilmu yang menetapkan suatu prinsip, aturan, atau panduan yang digunakan untuk mengartikan suatu karya, hermeneutika berkembang mengikuti perkembangan pemikiran manusia yang tidak berhenti mempelajari sesuatu lebih dalam. Beberapa ahli filsafat bahkan membagi hermeneutika berdasarkan fungsinya. Diagram yang disajikan pada artikel ini adalah satu dari sekian struktur yang ada, menggambarkan bahwa kehidupan tak lain adalah suatu siklik yang terus menerus menuntut untuk menginterpretasikan ilmu ke dalam praktik kehidupan, begitu seterusnya.

    ReplyDelete