tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post6742223558391463266..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : Teori Pengetahuan Menurut Immanuel KantMarsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger56125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-75636954749480169572021-11-23T15:54:44.742+07:002021-11-23T15:54:44.742+07:00Jadi jawaban dari pertanyaan mbak itu apa mbak? Jadi jawaban dari pertanyaan mbak itu apa mbak? Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/01055124301888303186noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-9661373054760822582021-10-10T13:00:30.230+07:002021-10-10T13:00:30.230+07:00Arif Didik Kurniawan
21701261024
S3 Penelitian dan...Arif Didik Kurniawan<br />21701261024<br />S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan B 2021<br /><br />Menurut Kant, pengenalan manusia merupakan sintesis antara unsur-unsur a priori dan unsur-unsur a posteriori, yaitu unsur rasio/akal dan juga unsur inderawi/pengalaman. Menurutnya akal murni itu terbatas, menghasilkan pengetahuan tanpa dasar inderawi atau independen dari alat pancaindera. <br /><br Arif Didik Kurniawan - Marsigithttps://www.blogger.com/profile/17576095416606103581noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-25131102717719006582020-01-04T22:55:19.508+07:002020-01-04T22:55:19.508+07:00Dea Armelia
19709251072
S2 Pendidikan Matematika D...Dea Armelia<br />19709251072<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Menurut Kant bahwa baik kategori dan ruang serta waktu, yang dia sebut adalah bentuk-bentuk intuisi, dikenalkan terhadap pengalaman fenomenal oleh pikiran manusia agar dapat memahaminya, yang mana ide ini disebut Revolusi Copernican.<br />Kant telah memecahlkan masalah bagaimana pikiran memperoleh pemikiran dan Dea Armeliahttps://www.blogger.com/profile/08589086882764927348noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-10460371056066977542020-01-01T18:18:59.208+07:002020-01-01T18:18:59.208+07:00WIWIN MISTIANI
PEP S3 2019
Dari beberapa pemikiran...WIWIN MISTIANI<br />PEP S3 2019<br />Dari beberapa pemikiran Immanuel Kant di atas, dapat diketahui beberapa teori pengetahuan yang dikemukakannya, antara lain : Teori a prioridan a posteriori; Pengetahuan a priori adalah pengetahuan yang bersumber tidak dari pengalaman langsung, melainkan dari ‘aturan umum’ yang ‘dipinjam’ dari pengalaman. Menurut Kant, kriteria pengetahuan a priori ada dua: Wiwin Mistianihttps://www.blogger.com/profile/12963486493214256194noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-50785380905673340872020-01-01T18:17:49.160+07:002020-01-01T18:17:49.160+07:00This comment has been removed by the author.Wiwin Mistianihttps://www.blogger.com/profile/12963486493214256194noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-709898214764569902019-12-31T04:07:48.651+07:002019-12-31T04:07:48.651+07:00Heriansyah
19701261017
PEP S3 2019
Teori pengetah...Heriansyah<br />19701261017<br />PEP S3 2019<br /><br />Teori pengetahuan Kant berawal dari pertanyaan: “Bagaimana pengetahuan terjadi?” Kant mengurai proses pengetahuan manusia atas tiga tingkatan. Tingkat pertama disebut pemahaman inderawi. Tingkat kedua disebut akal budi dan tingkat terakhir sekaligus tertinggi adalah intelektual (vernunft). Pada tahap pemahaman inderawi . Pengetahuan Heriansyahhttps://www.blogger.com/profile/11265607861777117185noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-41591064493134089572019-12-29T18:55:26.797+07:002019-12-29T18:55:26.797+07:00Assalamu'alaykum wr wb
Dwi Kawuryani
19709251...Assalamu'alaykum wr wb <br />Dwi Kawuryani<br />19709251061<br />Pendidikan Matematika S2 D<br />Menurut Kant, terdapat tiga tingkatan dalam proses pengetahuan manusia. Tingkat pertama dan terendah adalah pencerapan inderawi. Tingkat berikutnya atau kedua adalah tingkat rasio. Terakhir atau ketiga adalah tingkat tertinggi dalam proses pengetahuan, yaitu adalah tingkat akal-budi atau intelek. Dwi Kawuryanihttps://www.blogger.com/profile/17640754123405812199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-34006141784041096892019-12-27T10:10:09.665+07:002019-12-27T10:10:09.665+07:00Latifa Krisna Ayu
19709251060
S2 Pendidikan Matema...Latifa Krisna Ayu<br />19709251060<br />S2 Pendidikan Matematika D<br /><br />Kant mengurai proses pengetahuan manusia atas tiga tingkatan. Tingkat pertama disebut pemahaman inderawi (Sinneswahrnehmung). Tingkat kedua disebut akal budi (verstand). Tingkat terakhir disebut budi atau intelektual (vernunft).Pada tahap pemahaman inderawi (Sinneswahrnehmung), tiap manusia telah memiliki ruang dan Latifa Krisnahttps://www.blogger.com/profile/03184693311475046710noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-58977511480574369202019-12-26T15:11:41.002+07:002019-12-26T15:11:41.002+07:00Vera Yuli Erviana
NIM 19706261005
S3 Pendidikan Da...Vera Yuli Erviana<br />NIM 19706261005<br />S3 Pendidikan Dasar 2019<br /><br />Assalamu’alaikum Wr. Wb.<br />Teori Pengetahuan ini dapat digunakan sebagai referensi utama dalam kajian teori tentang pengetahuan, sebab teori yang telah dipaparkan sebelumnya memang belum pernah ditemukan di berbagai referensi buku yang banyak dijumpai. Sehingga, teori ini dapat menjadi sumber acuan utama untuk Vera Yuli Ervianahttps://www.blogger.com/profile/09801624142562571897noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-15953065474149972222019-12-26T13:07:09.103+07:002019-12-26T13:07:09.103+07:00Alfiana Dewi
19701251005
S2 PEP A 2019
Bismillah,...Alfiana Dewi<br />19701251005<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Bismillah, Dalam diagram yang dibuat oleh prof. berdasarkan Teori Pengetahuan Immanuel Kant, dapat kita lihat bahwa terdapat a priori dan a posteori. Pengetahuan a priori adalah pengetahuan yang bersumber tidak dari pengalaman langsung, melainkan dari ‘aturan umum’ yang ‘dipinjam’ dari pengalaman,yang berupa Idea of necessity dan MARSIGIT PHILOSOPHY 2019 ALFIANA DEWIhttps://www.blogger.com/profile/14648902102133518437noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-28705676031761158302019-12-26T13:05:02.985+07:002019-12-26T13:05:02.985+07:00This comment has been removed by the author.MARSIGIT PHILOSOPHY 2019 ALFIANA DEWIhttps://www.blogger.com/profile/14648902102133518437noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-43831631583231305162019-12-23T22:44:35.157+07:002019-12-23T22:44:35.157+07:00Rona Happy Mumpuni
19709251059
S2 Pendidikan Matem...Rona Happy Mumpuni<br />19709251059<br />S2 Pendidikan Matematika D <br /><br />Dalam filsafat modern, wacana tentang batas pengetahuan telah berkembang, terutama ketika positivisme telah menjadi paradigma yang dominan. Bahkan akar dari masalah epistemologisnya dapat ditemukan di Teori pengetahuan Immanuel Kant. Pandangan Kant tentang kondisi kemungkinan Pikiran manusia akhirnya mengarah pada Rona Happy Mumpunihttps://www.blogger.com/profile/10166402912873148094noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-18428478187794387222019-12-20T07:21:00.963+07:002019-12-20T07:21:00.963+07:00Assalamu'alaikum wr.wb
Novi Indriyani Kones
19...Assalamu'alaikum wr.wb<br />Novi Indriyani Kones<br />19701251002<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Dari diagram tentang pengetahuan Immanuel Kant yang digambarkan oleh Prof marsigit berisi tentang pengetahuan yang dibagi menjadi apriori dan aposteriori. Apriori dan aposteriori memiliki ontologi, epistemologi, dan aksiologinya masing-masing. Apriori dibangun berdasarkan analitik sementara Novi Indriyani Koneshttps://www.blogger.com/profile/00564537131063599336noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-33026605222346127882019-12-19T19:27:27.086+07:002019-12-19T19:27:27.086+07:00Rifki Rinaldo
19709251070
S2 Pendidikan Matematika...Rifki Rinaldo<br />19709251070<br />S2 Pendidikan Matematika 2019 D<br /><br />Immanuel Kant mengkritik rasionalisme dan empirisme dalam menilai akal dan pengalaman sebagai sumber pengetahuan. Rasionalisme berpendirian bahwa rasio/akal merupakan sumber pengenalan atau pengetahuan. Rasionalisme mengira telah menemukan kunci bagi pembukaan realitas pada diri subyeknya, lepas dari pengalaman. Rifki Rinaldohttps://www.blogger.com/profile/01429357594401288965noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-33064653287859492522019-12-18T03:57:27.414+07:002019-12-18T03:57:27.414+07:00Fitria Restu Astuti
19709251069
S-2 Pendidikan Mat...Fitria Restu Astuti<br />19709251069<br />S-2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Dari diagram yang telah Prof. Marsigit bagikan sejujurnya saya belum dapat memahami secara menyeluruh. Yang dapat saya tangkap dari diagram Teori Pengetahuan Immanuel Kant tersebut adalah seseorang dapat menimbulkan ide atau dugaan setelah melalui proses yang diawali dari merepresentasikan kemudian timbul Fitria Restu Astutihttps://www.blogger.com/profile/02808481214399412761noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-4465050994553705832019-12-17T18:34:56.260+07:002019-12-17T18:34:56.260+07:00Sri Ningsih
19709251064
S2 Pendidikan Matematika ...Sri Ningsih <br />19709251064<br />S2 Pendidikan Matematika kelas D <br /><br />Pengetahuan a priori adalah pengetahuan yang bersumber tidak dari pengalaman langsung, melainkan dari ‘aturan umum’ yang ‘dipinjam’ dari pengalaman. Menurut Kant, kriteria pengetahuan a priori ada dua: (1) Idea of necessity (keharusan), misalnya setiap peristiwa tentu ada penyebabnya. (2) Strict-absolute (benar-benarSri Ningsihhttps://www.blogger.com/profile/02896347110502401197noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-8060431979558393402019-12-17T13:51:23.545+07:002019-12-17T13:51:23.545+07:00Annisa Nur Arifah
18709251058
S2 Pendidikan Matema...Annisa Nur Arifah<br />18709251058<br />S2 Pendidikan Matematika C 2018<br /><br />Menurut Kant, syarat dasar bagi segala ilmu pengetahuan adalah bersifat umum dan mutlak serta memberi pengetahuan yang baru. Selain itu terdapat tiga tingkatan pengetahuan manusia, yaitu Tingkat Pencerapan Indrawi (Sinneswahrnehmung), Tingkat Akal Budi (Verstand), dan Tingkat intelek / Rasio (Versnunft). Ada juga Annisa Nur Arifahhttps://www.blogger.com/profile/05478185678213308619noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-45861238956631145762019-12-17T13:51:06.965+07:002019-12-17T13:51:06.965+07:00Annisa Nur Arifah
18709251058
S2 Pendidikan Matema...Annisa Nur Arifah<br />18709251058<br />S2 Pendidikan Matematika C 2018<br /><br />Immanuel Kant menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sebagai berikut: (1) apa-apa yang bisa diketahui manusia hanyalah yang dipersepsi dengan panca indra. Lain daripada itu merupakan “ilusi” (noumenon) saja, (2) semua yang harus dilakukan manusia harus bisa diangkat menjadi sebuah peraturan umum. Hal ini disebut Annisa Nur Arifahhttps://www.blogger.com/profile/05478185678213308619noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-2814679958182769082019-12-17T13:50:49.861+07:002019-12-17T13:50:49.861+07:00Annisa Nur Arifah
18709251058
S2 Pendidikan Matema...Annisa Nur Arifah<br />18709251058<br />S2 Pendidikan Matematika C 2018<br /><br />Perkembangan ilmu Immanuel Kant mencoba untuk menjebatani pandangan Rasionalisme dan Empirisisme. Kant bersikap kritis untuk menyelidiki batas-batas kemampuan rasio sebagai sumber pengetahuan manusia, yang kemudian melahirkan filsafat kritisisme, atau ada juga yang menyebutnya dengan Kanteisme. Dari sikap kritis Annisa Nur Arifahhttps://www.blogger.com/profile/05478185678213308619noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-80715457140836987502019-12-17T05:07:53.821+07:002019-12-17T05:07:53.821+07:00Choirul Amri
(19709251078 S2 Pendidikan Matematika...Choirul Amri<br />(19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)<br /><br />Bismillah, saya juga ingin menambahkan bahwa Immanuel Kant mendefinisikan pengetahuan menurutnya. Bahwa Apa-apa yang bisa diketahui manusia hanyalah yang dipersepsi dengan panca indra. Lain daripada itu merupakan “ilusi” (noumenon) saja. Semua yang harus dilakukan manusia harus bisa diangkat menjadi sebuahChoirul Amrihttps://www.blogger.com/profile/04516221656193302026noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-75126692348045714732019-12-17T05:03:31.487+07:002019-12-17T05:03:31.487+07:00Choirul Amri
(19709251078 S2 Pendidikan Matematika...Choirul Amri<br />(19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)<br /><br />Bismillah, terimakasih atas bagan yang bapak berikan memudahkan kita semua dalam memahami teori Immanuel Kant tentang pengetahuan. Izinkan saya menambahkan informasi untuk pembaca dalam bagian ini. Immanuel Kant adalah seorang filsuf besar yang pernah tampil dalam pentas pemikiran filosofis zaman Aufklarung jerman Choirul Amrihttps://www.blogger.com/profile/04516221656193302026noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-54989594871914794562019-12-12T13:54:23.390+07:002019-12-12T13:54:23.390+07:00Jewish Van Septriwanto
S2 Pendidikan Matematika D ...Jewish Van Septriwanto<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br />19709251077<br />Terima Kasih atas tulisan prpf., Yang dapat saya pahami dari diagram teori pengetahuan immanuel kant seperti lapisan bawang. Lapisan terluar dari pengetahuan adalah adanya fenomena, lalu di presentasikan kemudian didapatkan persepsi dan adanya sensasi. Setelah didapatkan persepsi, maka menghasilkan konsep, intuisi Jewish Van Septriwantohttps://www.blogger.com/profile/08626323898028358186noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-21982193398698504302019-11-21T10:53:31.466+07:002019-11-21T10:53:31.466+07:00Sekar Hidayatun Najakh
19701251007
S2 PEP A 2019
...Sekar Hidayatun Najakh<br />19701251007<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Assalamualaykum wr wb...<br />Immanuel Kant mengarahkan pada pengenalan taraf akal. Kant membedakan akal (verstand) dari budi (vernuft) dan rasio. Tugas akal yaitu mengatur data-data indrawi, adalah dengan mengemukakan putusan-putusan. Ketika melihat sesuatu, kemudian ditransmisikan ke dalam akal pikiran, tahap selanjutnya dariJejak Sederhana Sekarhttps://www.blogger.com/profile/08531229707277870327noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-21716012132303914432019-11-21T10:43:20.364+07:002019-11-21T10:43:20.364+07:00Sekar Hidayatun Najakh
19701251007
S2 PEP A 2019
...Sekar Hidayatun Najakh<br />19701251007<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Assalamualaykum wr wb...<br />Immanuel Kant, adalah salah seorang filsuf yang hendak mendamaikan antara paham rasionalisme dan empirisme. Immanuel Kant memandang rasionalisme dan empirisme senantiasa berat sebelah dalam menilai akal dan pengalaman sebagai sumber pengetahuan. Kant mengatakan bahwa pengenalan manusia merupakan Jejak Sederhana Sekarhttps://www.blogger.com/profile/08531229707277870327noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-67440835765078655332019-10-30T08:06:45.159+07:002019-10-30T08:06:45.159+07:00sintha fardu anggraeni
19709251071
S2 pendidikan m...sintha fardu anggraeni<br />19709251071<br />S2 pendidikan matematika/ D<br /><br />teori pengetahuan jumlahnya banyak sekali karena setiap aturan filsafat mempunyai teori pengetahuannya. Teori pengetahuan Immanual Kant tidak terdapat disumber lain. apakah sebabnya ? apakah kelebihan dan kekurangannya dibanding teori pengetahuan yang lain? Aris toteles, plato misalnya.MARSIGIT SINTHA FARDU ANGGRAENIhttps://www.blogger.com/profile/07557930204613910527noreply@blogger.com