Nov 24, 2014

Lesson Study di Universitas

Ass. Wr. Wb.


Berikut adalah Lesson Study yang diselenggarakan di Universitas. Penggalan Video berikut diambil pada Mata Kuliah "Strategi Pembelajaran Matematika" pada Program S1 Pendidikan Matematika, FMIPA, di mana setelah memelajari berbagai macam landasan, filsafat, ideologi, teori, paradigma dan menyiapkan perangkat dan model pembelajaran, para mahasiswa oleh Dosen Model diberi kesempatan untuk menyimulasikan Pembelajaran Matematika untuk SMP.

Dosen Model: Prof. Dr. Marsigit, M.A.
Counterpart: Nila Amreta Murdiani M.Sc.
Tim Lesson Study: Endah Retnowati, Ph.D. (Ketua), Dr Sugiman, dan Dr. Ali Mahmudi
Guru Model : Ilania dibantu 3 anggota tim sebagai guru bantu model.

Untuk melihat Videonya, silahkan akses:





atau


Demikian semoga bermanfaat.

Wss Wr Wb

Marsigit

95 comments:

  1. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    S1 pend matematika C 2013

    Dari link tersebut, saya mendapatkan informasi mengenai alur lesson study yang berupa do (proses mengajar) dan see (refleksi), dari proses refleksi ini juga saya mendapat ilmu tentang pembuatan LKs, menbawali pembelajara, berinteraksi dengan siswa selama proses pembelajaran, terimaksin pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar saudara nuha.. Saya juga jadi tahu bagaimana alur lesson study

      Delete
  2. ERFIANA NUR LAILA
    13301244009
    PEND. MATEMATIKA C 2013

    Setelah saya melihat video tersebut, saya sangat terkesan dengan pembelajaran lesson study. banyak pembelajaran yang dapat diambil dari lesson study yaitu bagaimana mengajar yang tepat sesuai karakteristik siswa, bagaimana membuat perangkat pembelajaran LKS, dan bagaimana pembelajaran pada umumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar saudara erfiana.. Saya juga jadi tahu bagaimana alur lesson study

      Delete
  3. Rofiah Yusuf
    13301241039

    Pendidikan Matematika I 2013
    Salah satu masalah atau topik pendidikan yang belakangan ini menarik untuk diperbincangkan yaitu tentang Lesson Study, yang muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Seperti dimaklumi, bahwa sudah sejak lama praktik pembelajaran di Indonesia pada umumnya cenderung dilakukan secara konvensional yaitu melalui teknik komunikasi oral.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju saudara rofiah Lesson Study muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif.

      Delete
  4. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Lesson study memiliki banyak tujuan untuk perubahan pembelajaran yang lebih baik. Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk : (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih saudari Afifah telah menjabarkan tujuan utama lesson study. Sehingga saya tau apa tujuan utama lesson study

      Delete
  5. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Manfaat yang yang dapat diambil Lesson Study, diantaranya: (1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota lainnya, dan (3) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih saudari Afifah telah menjabarkan manfaat dari lesson study. Sehingga saya tau apa manfaat dari lesson study

      Delete
  6. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran

    ReplyDelete
  7. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Lesson Study bukan sebuah proyek sesaat, tetapi merupakan kegiatan terus menerus yang tiada henti dan merupakan sebuah upaya untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam Total Quality Management, yakni memperbaiki proses dan hasil pembelajaran siswa secara terus-menerus, berdasarkan data.

    ReplyDelete
  8. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Lesson Study merupakan kegiatan yang dapat mendorong terbentuknya sebuah komunitas belajar (learning society) yang secara konsisten dan sistematis melakukan perbaikan diri, baik pada tataran individual maupun manajerial. Dalam buku tulisan Slamet Mulyana (2007) memberikan rumusan tentang Lesson Study sebagai salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-psrinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar.

    ReplyDelete
  9. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Dari video lesson study diatas, saya mendapat pelajaran mengenai alur lesson study yang berupa do dan see. Selain itu saya juga mendapat ilmu tentang cara membuat LKS, mengawali pembelajaran, proses pembelajaran dan mengakhiri pembelajaran

    ReplyDelete
  10. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Lesson study merupakan upaya terencana dan berkelanjutan untuk melakukan kajian terhadap proses belajar mengajar seorang guru, untuk kepentingan perbaikan atau peningkatan efektivitas pembelajaran bagi guru itu, yang secara kolegial bermanfaat untuk kepentingan perbaikan dan peningkatan efektivitas pembelajaran bagi guru-guru yang lain di sekolah atau di lingkungannya.

    ReplyDelete
  11. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Langkah-langkah Pelaksanaan Lesson Study (1)
    Mengadakan pertemuan guru yang menyadari pentingnya upaya untuk meningkatkan kompetensinya dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran tertentu.

    ReplyDelete
  12. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Langkah-langkah Pelaksanaan Lesson Study (2)
    Jika rencana tersebut sudah matang, dalam pertemuan ini dapat dilanjutkan dengan mencoba membuat lesson plan atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Secara bersama-sama. Guru calon penyaji mencoba membuat konsep RPP, dan kemudian disampaikan kepada kelompok guru tersebut, untuk memperoleh tanggapan dan usulan perbaikan.

    ReplyDelete
  13. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Langkah-langkah Pelaksanaan Lesson Study (3)
    Tahapan berikutnya adalah proses pelaksanaan pembelajaran. Guru penyaji melaksanakan proses pembelajaran di kelas sebagaimana yang biasa dilakukan. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran ini, para pengamat mengamati proses pembelajaran, mulai dari membuka pelajaran, sampai dengan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode dan media atau alat bantu pembelajaran, dan akhirnya sampai dengan menutup pembelajaran.

    ReplyDelete
  14. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Langkah-langkah Pelaksanaan Lesson Study (4)
    Tahapan berikutnya, para guru mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan hasil pengamatan dari guru-guru yang lain. Dalam diskusi ini, sudah barang tentu akan disampaikan tentang apa kelebihan yang telah dilakukan oleh guru penyaji, di samping kemungkinan kekurangan-kekurangan, bahkan kesalahan-kesalahan fatal yang telah dilakukan guru penyaji.

    ReplyDelete
  15. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Tahapan-tahapan lesson study ini dapat direplikasi ke dalam tahapan berikutnya, misalnya jika terhadap saran-saran yang penting untuk memperbaiki proses pembelajaran tersebut. Oleh karena itu dalam pertemuan tersebut dapat disepakati misalnya memperbaiki RPP, atau dipilih atau disepakati guru penyaji yang lain untuk menyajikan pembelajaran, atau juga disepakati akan dilaksanakan di kelas atau sekolah yang lain. Jika keputusannya demikian, maka lessson study dapat dilaksanakan dalam tahapan replikasi berikutnya dengan ketiga tahapan berikutnya, dengan tahapan yang mendahului, yakni tahapan Revisi Dengan demikian, jika tahapan lesson study dilakukan dalam tiga tahapan, yakni 1) PLAN, 2) DO, dan 3) SEE, maka lesson study juga dapat dilaksanakan dalam enam tahapan, yakni 1) PLAN, 2) DO, 3) SEE, 4) REVISED PLAN, 5) DO, 6) SEE.

    ReplyDelete
  16. Mariana Ramelan
    13301241053
    PMI 2013

    Video ini sangat menarik. Apalagi mereka adalah sosok yang kita kenal (Kakak tingkat PMI 2012). hasil refleksi mereka terkait pembelajaran dikelas memang real seperti itulah yang terjadi. dari sini, kita sebagai calon pendidik dapat merancang rencana pembelajaran yang lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar apa yang dikatakan saudari mariana tentang hasil refleksi terkait pembelajaran dikelas memang real seperti itulah yang terjadi.

      Delete
  17. Mariana Ramelan
    13301241053
    PMI 2013

    Lesson Study merupakan sebuah pendekatan pembinaan profesi pendidik melalui kegiatan pengkajian pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif dan terus-menerus berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui kegiatan Lesson Study dikembangkan pembelajaran yang dapat mendorong siswa agar belajar secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan melalui hands-on dan mind-on activity, daily life, dan local materials.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih saudari Afifah telah menjabarkan pengertian lesson study. Sehingga saya tau apa pengertian lesson study

      Delete
  18. Mariana Ramelan
    13301241053
    PMI 2013

    Kegiatan Lesson Study ini sudah dikembangkan oleh UPI, UNY, dan UM dan sangat potensial sebagai model alternative pembinaan guru untuk meningkatkan keprofesionalan guru di Indonesia. Kegiatan ini memang ide sederhana, namun lesson study merupakan sebuah proses yang komplek. Lesson study merupakan proses yang mengkolaborasikan guru dalam grup kecil untuk merencanakan, mengajar, mengobservasi, meninjau kembali dan melaporkan hasilnya pada aplikasi dalam pengajaran individu.

    ReplyDelete
  19. Mariana Ramelan
    13301241053
    PMI 2013

    Dalam pelaksanaannya, kegiatan lesson study tidak bersifat instruksi atau menggurui, akan tetapi dilaksanakan secara kolaboratif antara dosen dan guru, guru dengan guru, dan guru pamong dengan guru praktikan. Semoga nantinya kita sebagai mahasiswa calon pendidik juga bisa mengembangkan pembelajaran yang jauh lebih baik.

    ReplyDelete
  20. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    Dari video mengenai pembelajaran lesson study diuniversitas tersebut, saya jadi tahu bahwa bahwa lesson study itu ternyata gurunya yang membentuk grup danmendiskusikan bahan dan cara mengajar kepada siswa. karena dari strategi pembelajaran lain yaitu secara kooperatif disana murid yang dikelompokkan dan bekerja secara kelompok untuk mendiskusikan materi yang diberikan oelh guru.

    ReplyDelete
  21. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    dari tayangan video tersebut saya juga mengetahui bahwa lks itu sekedar kumpulan soal, tapi memfasilitasi proses belajar ada informasinya ada tahap tahapannya ada roses berfikir menemukan menyimpulka dan bisa dipakai diskusi, jadi tema lks itu sangat penting.

    ReplyDelete
  22. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    dari video tersebut kita harus beranggapan kalau matematika itu tidak tunggal, sehingga dalammembuat LKS kita dituntut untuk memberikan LKS yang bervariasi, agar siswa yang pandai tidak mengalami doing nothing, karena menunggu temannya yang lain sedang proses mengerjakan. sehingga ketika siswa yag padai sudah selesai dia akan dapat mengerjakan materi yang lebih kompleks lagi ermaslahannya atau mendalami materiyang baru. dan itulah yang dilakukan oleh orang inggris, yang membedakan mereka dengan bangsa kita.

    ReplyDelete
  23. Andhita Wicaksono Nugroho
    13301241065
    Pendidikan Matematika C 2013

    Terima kasih Pak, postingan ini sangat bermanfaat bagi saya dalam mencari ilmu

    ReplyDelete
  24. Terimakasih bapak atas video Lesson Study yang telah dishare. Sangat bermanfaat dalam memahami penerapan Lesson Study. Berdasakan video tersebut, terlihat bahwa Lesson Study dilakukan secara kolaboratif berdasarkan permasalahan di kelas. Seorang guru dari anggota kelompok melakukan pembelajaran atau mengajar, sementara anggota lainnya mengamati. Pengamatan tidak diperkenankan mengganggu atau membantu siswa selama proses pembelajaran. Ada tiga tahapan dalam Lesson Study, yaitu Perencanaan, Pengamatan, dan Refleksi.

    Abidin
    16709251002
    S2 Pmat A 2016

    ReplyDelete
  25. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Peran lesson study menjadi sangat bermanfaat karena dalam implementasinya guru diberikan waktu untuk melakukan observasi pembelajaran, kemudian mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan lalu merefleksikan proses pembelajaran yang sudah berlangsung, dengan begini diharapkan lesson study bisa melatih guru menjadi guru yang profesional dalam artian guru pada akhirnya mampu menemukan tindakan yang tepat, dan optimal dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  26. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Dari video yang ada di youtube itu sangat bermanfaat sekali dalam dunia pendidikan terutama pendidikan matematika. Mahasiswa mendapatkan ilmu dari Pak Marsigit bukan hanya dari tatap muka secara langsung dan blog ini, namun juga berupa video yang diupload di internet. Dengan begitu mahasiswa dan pengunjung dunia maya pada umumnya lebih banyak mendapatkan manfaat. Terima kasih atas ilmunya Pak, mohon maaf saya nantikan video yang lainnya.

    ReplyDelete
  27. Retno Widyaningrum
    16701261004
    PEP A 2016
    Lesson Study sangat bermanfaat bagi calon-calon guru karena dengan adanya ini maka tidak saja mengamati bagaimana proses pembelajaran yang bener tapi ada diskusi sesama pelaku pembelajaran maupun sebagai pengamat tentang proses pembelajaran yang ideal, sehingga ada kritik dan saran untuk memperbaiki proses pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  28. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Lesson studi memang diperlukan untuk meningkatkan pembelajaran di sekolah. Bagi guru dan calon guru dapat menjadi sebuah masukkan dalam merancang kegiatan belajar yang baik dan menyenangkan.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.


    ReplyDelete
  29. SHALEH
    S3 PEP A 2016
    16701261010

    Sebuah tanyangan yang meninspirasi para pendidik dan calon pendidik. Pendekatan perkuliahan yang penuh keakraban dan berhasil membangun kedekatan antara sang Profesor dengan mahasiswanya. Pendekatan ini tentu menunjang proses KBM, karena komunikasi yang dibagun begitu cair. Selain itu, kelas dihiasi dengan canda tawa intelektual yang mampu mengkondisikan kelas menjadi menyenangkan. Semoga kaum pendidik dapat mencontoh danengembangkannya lagi.

    ReplyDelete
  30. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    Selama pendidikan masih ada, maka selama itu pula masalah-masalah tentang pendidikan akan selalu muncul dan orang pun tak akan henti-hentinya untuk terus membicarakan dan memperdebatkan tentang keberadaannya. Sebagian besar pembicaraan tentang pendidikan tertuju pada bagaimana upaya untuk menemukan cara yang terbaik guna mencapai pendidikan yang bermutu dalam rangka menciptakan sumber daya manusia mampu bersaing dan mampu memghadapi tantangan zaman yang semakin maju.

    ReplyDelete
  31. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    Salah satu masalah atau topik pendidikan yang belakangan ini menarik untuk diperbincangkan yaitu tentang Lesson Study, yang muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Saya setuju Lesson study dikembangkan disekolah maupun perguruan tinggi. Seperti yang terlihat dalam video tersebut, lesson study dilaksanakan menyenangkan dan tidak membosankan.

    ReplyDelete
  32. Umi Arismawati
    13301241032
    Pendidikan Matematika A 2013

    Lesson study merupakan pembahasan yang menarik. Lesson study merupakan pembelajaran memang sangat penting dilakukan. Dengan lesson study guru menjadi tahu kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajarannya. Sehingga guru dapat memperbaikinya untuk pembelajaran yang semakin baik. terima kasih

    ReplyDelete
  33. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Terima kasih Prof. Marsigit, untuk berbagi video strategy teaching mathematic, sebagaimana kita ketahui, dalam mengajar matematika perlu trategi yang baik sehingga siswa dapat tertatik dan merasa senang dengan belajar matematika. Salah satunya adalah variasi interaksi, bagaimana sebaiknya guru tidak hanya berinteraksi dengan murid yang duduk didepan, tetapi juga dengan murid yang duduk dipinggir (pojok kiri dan kanan), dan belakang. Jangan lansung menunjuk seorang murid untuk menjawab persoalan, namun biarkan murid menunjuk dirinya sendiri, sehingga akan menumbuhkan keberanian dan interaksi yang lebih baik antara guru dengan seluruh murid.

    ReplyDelete
  34. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Tanggapan Prof. Marsigit tentang LKS sebagai alat yang tidak hanya sebagai colection of problem, saya sangat setuju, seharusnya kita memanfaaatkan LKS sebagai alat yang dapat memfasilitasi proses belajar, sebagai sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara siswa dengan guru, sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  35. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Lesson Study merupakan suatu pendekatan kolaboratif dari sekolompok guru untuk bersama-sama mengkaji pembelajaran yang berkelanjutan. Kegiatan lesson study dapat digunakan sebagai metode, strategi dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi dan permasalahan yang dihadapi pendidik. Dalam kegiatan ini setiap anggota tim diberi kesempatan untuk secara bersama-sama mencari solusi, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengevaluasi proses maupun hasil pembelajaran sehingga akan meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional para guru anggota tim.

    ReplyDelete
  36. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Salah satu pentingnya lesson study adalah untuk evaluasi proses pembelajaran. Hendaknya guru sadar bahwa proses pembelajaran yang selama ini telah dilaksanakan harus dikaji dari waktu ke waktu agar dapat lebih meningkat efektivitasnya bagi upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kesadaran inilah yang menyebabkan para guru tersebut secara bersama-sama mau melakukan proses evaluasi dan pengkajian proses pembelajarannya. Proses pengkajian ini dilakukan secara kolaboratif dan berkelanjutan sehingga guru dapat saling mengevaluasi. Dengan demikian, peningkatan kompetensi guru dan proses KBM dapat dilakukan dengan maksimal.

    ReplyDelete
  37. SHALEH
    S3 PEP A 2016
    16701261010

    Tiadalah manusia itu sempurna, ia butuh pengingat, saran, kritik, dan sekaligus butuh untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang nermanfaat bagi orang lain sebagai aktualisasi dirinya. Maka sebenar-benar manusia adalah manusia yang mau memberi (berbagi) dan menerima, proses ini tampaknya telah terjadi pada lesson study di atas.

    ReplyDelete
  38. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Lesson Study merupakan suatu pelaksanaan pembelajran dengan pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan belajar bersama (mutual learning) untuk membangun masyarakat belajar. Dengan begitu rancangan oleh guru dapat mengkaji dan mengembangkan pembelajaran yang terbaik, misalnya guru mampu menghasilkan produk yang baik mislanya buku, RPP, serta media pembelajaran. Selain itu tujuan jangka panjang dalam pembelajaran yang akan dicapai dapat terlaksan dengan baik oleh siswa maupun guru itu sendiri.

    ReplyDelete
  39. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari postingan diatas daya dapat melihat bagaimana proses Lesson study yang merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik (guru) melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan, berlandaskan prinsip-prinsip colleagues and mutual learning untuk membangun komunitas belajar.

    ReplyDelete
  40. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Tahap tahap lesson study ada tiga, yaitu plan, do dan see. Tahap perencanaan (plan) dilakukan perancangan pembelajaran yang berpusat pada siswa, agar mereka berpartisipasi aktif. Perencanaan yang baik dilakukan secara berkolaborasi antar guru atau antar beberapa guru dengan bantuan dosen sebagai nara sumber untuk memperkaya ide-ide. Perencanaan diawali dengan menganalisis permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran. Tahap kedua yaitu pelaksanaan pembelajaran (do) untuk menerapkan RPP yang telah dibuat kelompok oleh salah seorang guru yang pada kegiatan persiapan telah disepakati kelompok untuk menjadi ”guru model” di sekolah yang telah disepakati pula. Terakhir tahap ketiga adalah refleksi pembelajaran (see) yang dilakukan setelah selesai pembelajaran. Kegiatan ini merupakan diskusi yang dipandu oleh kepala sekolah atau orang yang berwenang untuk membahas pembelajaran, misalnya guru inti atau fasilitator dari MGMP.

    ReplyDelete
  41. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Menurut sumber yang saya baca, secara umum lesson study bukan hanya peningkatan kualitas pembelajaran saja, melainkan juga peningkatan profesionalisme guru dan kolaborasi di antara guru maupun antara guru dengan komponen-komponen pendidikan yang lain (dosen, kepala sekolah, pengawas, guru inti sebagai fasilitator MGMP).

    ReplyDelete
  42. Lesson study ini memberikan pelajaran apa yang harus dipersiapkan sebagai seorang guru dari sebelum proses belajar mengajar, memahami karakter siswanya, sampai dengan proses pembelajaran itu berlangsung dari awal proses belajar samapai akhir pembelajaran sehingga akan setcipta suasana belajar yang lebih kondusif.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  43. Dwi Adityas Rarasati
    13301241015
    PMI 2013

    Lesson study bisa dijadikan pembelajaran oleh guru untuk mengembangkan pembelajarannya menjadi lebih baik. Dapat pula dijadikan sebagai refleksi ataupun evaluasi terhadap diri guru sendiri. Apakah sudah benar dalam mengajar di kelas atau belum.

    ReplyDelete
  44. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pend. Mat I 2013

    Lesson study bukanlah metode pembelajaran atau strategi pembelajaran, melainkan dalam lesson study dapat dipilih dan diterapkan berbagai metode/strategi pembelajaran atau materi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, atau masalah pembelajaran yang dihadapi siswa dan pendidik.

    ReplyDelete
  45. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pend. Mat I 2013

    Lesson Study merupakan suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya.

    ReplyDelete
  46. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pend. Mat I 2013

    Ke-empat tahapan lesson study yang telah dijelaskan di atas, merupakan tahapan-tahapan yang sangat membantu seorang pendidik untuk mengevaluasi setiap pembelajaran yang dilakukan. Sehingga pembelajaran selanjutnya diharapkan menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  47. Arif Dwihantoro
    13301244012
    P.Mat C 2013

    Pebelajaran Lesson study di Universitas menurut saya sangat cocok diterapkan sehingga mahasiswa dapat aktif dan dapat menjadi solusi pembelajaran dengan karakteristik yang berbeda-beda dalam setiap kelasnya.

    ReplyDelete
  48. berdasarkan video tsb dapat menyimpulkan bahwa mengenai lesson study ini sangat bagus untuk diterapkan di sekolah, dan universitas yang mempunyai kemampuan mengajar yang sesuai dengan karakteristik siswa, Memahami bagaimana siswa belajar, dan caranya untuk membangun sebuah pengetahuan.


    M. Saufi Rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  49. Luthfannisa Afif Nabila
    13301241041
    Pendidikan Matematika A 2013
    Terima kasih Pak Marsigit. Videonya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  50. Raden Muchammad Nurrizal Hasbi Ashshidiqqie
    13301244013
    S1 Pendidikan Matematika C 2013

    Jika mendiskusikan mengenai lesson study, kita sebagai calon pendidikan sudah seharusnya memperdalam pemahaman terlebih dahulu. Apa yang membedakan lesson study dengan yang lain. Apalagi sekarang sedang digaungkan kurikulum 2013. Sehingga harapannya ke depan jika memang dirasa lesson study ini sangat bermanfaat untuk calon peserta didik, kita dapat mengaplikasikannya sedini mungkin.

    ReplyDelete
  51. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika 2013

    Dalam suatu pembelajaran, guru terkadang menyediakan suatu LKS (Lembar Kegiatan Siswa). LKS bukan sekedar kumpulan soal tetapi suatu fasilitas untuk mefasilitasi proses pembelajaran, maka dalam LKS seharusnya terdapat informasi, tahap-tahapan dalam menggunakan LKS, proses berpikir, proses menemukan, dan proses menyimpulkan. LKS juga seharusnya dapat digunakan untuk berdiskusi, sehingga setelah siswa melakukan kegiatan yang tertera dalam LKS tersebut, siswa bersama dengan guru mendiskusikan hasilnya.

    ReplyDelete
  52. Yosi Giyaningsih
    13301244030
    Pendidikan Matematika C 2013

    Lesson Study merupakan
    suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. Fokus utama pelaksanaan lesson study adalah aktivitas siswa di kelas, dengan asumsi bahwa aktivitas siswa tersebut terkait dengan aktivitas guru selama mengajar di kelas.

    ReplyDelete
  53. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Tahap tahap lesson study ada tiga, yaitu plan, do dan see. Dari video yang bapak share tersebut saya mendapat temuan bahwa untuk meningkatkan praktek mengajar matematika yang baik guru harus memfasilitasi kegiatan siswa, menggunakan metode pengajaran yg bervariasi, menggunakan metode penilaian yg bervariasi, menghubungkan antara materi, mengembangkan pendekatan CTL, mengembangkan interaksi yg bervariasi, membuat grup kecil diskusi, mengembangkan skema untuk pencapaian kompetensi, memfasilitasi siswa untuk lebih aktif, menggunakan berbagai alat bantu pengajaran, menggunakan berbagai sumber belajar, menerapkan paradigma baru pengajaran, lebih semangat untuk memfasilitasi siswa mereka, dan membiasakan diri untuk melakukan refleksi.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  54. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Lesson Study dapat digunakan sebagai perbaikan pembelajaran dari dan oleh guru. Dalam lesson study, guru merencanakan pembelajaran berdasarkan tujuan dan perkembangan siswa, mengobservasi pembelajaran untuk mengumpulkan data tenttang aktivitas belajar siswa, menggunakan data hasil observasi untuk melakukan refleksi pembelajaran secara mendalam dan luas. Dengan adanya Lessonn Study ini diharapkan memberikan banyak manfaat dalam dunia pendidikan, antara lain untuk meningkatkan profesionalisme guru, meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan potensi dan melayani kebutuhan belajar siswa, mengembangkan berbagai alat peraga atau alat bantu pembelajaran, dsb. Dengan adanya lesson study dapat menguntungkan baik bagi siswa atau bagi guru sendiri, dan tentunya memberikan efek positif bagi dunia pendidikan

    ReplyDelete
  55. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam proses pembelajaran di dalam kelas sangat banyak strategi yang bisa kita terapkan, seperti yang dikemukakan yaitu lesson study dimana kita dapat mengetahui banyak hal yang dapat menjadikan pembelajaran dikelas lebih inovatif baik dari sisi siswa maupun dari guru, dari sisi siswa salah satu yang dapat kita petik adalah kita dapat mengetahui siswa akan belajar, dan dari sisi guru juga kita dapat mengetahui bahwa sebaiknya guru mendiskusikan apa yang diajarkannya kepada guru lain sehingga terjadi proses pertukaran ilmu yang nantinya akan dapat mengembangkan potensi siswa lebih baik.

    ReplyDelete
  56. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Tahapan lesson study terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan tindak lanjut. Bill Cerbin & Bryan Kopp mengemukakan bahwa Lesson Study memiliki 4 tujuan, yaitu memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar, memperoleh hasil-hasil tertentu yang dapat dimanfaatkan oleh para guru lainnya, di luar peserta lesson study, meningkatkakn pembelajaran secara sistematis melaui inkuiri koaboratif, dan membangun sebuah pengetahuan pedagofis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru yang lainnya.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  57. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Lesson Study sangat membantu para guru dalam melaksanakan tugasnya dalam mengajar. karena di dalam lesson study itu terdapat kumpulan beberapa guru mata pelajaran yang sama biasanya dalam dua kecamatan yang berkumpul untuk membahas materi dan proses pembelajaran yang akan diajarkan, membuat rencana pembelajaran, serta LKS yang akan digunakan dalam mengajar di kelas.

    ReplyDelete
  58. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Di dalam lesson study terdapat kegiatan Plan (perencanaan), Do (Pelaksanaan), dan See (refleksi). Kegiatan plan meliputi perencanaan pembelajaran, guru calon penyaji mencoba membuat konsep RPP, dan kemudian disampaikan kepada kelompok guru yang lain untuk memperoleh tanggapan dan usulan perbaikan. Pada kegiatan Do, Guru penyaji melaksanakan proses pembelajaran di kelas, para pengamat mengamati proses pembelajaran, lalu mencatatnya secara cermat. Kegiatan terkahir dilakukan refleksi (see) yaitu mendiskusikan hasil pengamatan.

    ReplyDelete
  59. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Kegiatan lesson study dapat meningkatkan kompetensi guru karena kegiatan ini juga didampingi oleh universitas salah satunya Universitas Negeri Yogyakarta. Apabila ada materi yang diperdebatkan maka dosen UNY lah penengahnya. Lesson study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Lesson study dipilih dan diimplementasikan dalam rangka peningkatan kompetensi pedagogi guru karena lesson study merupakan suatu cara efektif untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di kelas.

    ReplyDelete
  60. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Lesson Study atau studi pembelajaran adalah suatu kegiatan pengkajian terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh para guru secara berkesinambungan untuk meningkatkan keprofesionalan mereka, dalam rangka studi pembelajaran itu para guru melakukan kolaborasi untuk merencanakan pembelajaran secara bersama-sama, mengobservasi proses pembelajaran bersama-sama dan pada tahap selanjutnya mengadakan refleksi secara bersama pula.

    ReplyDelete
  61. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Lesson Study dapat dilakukan oleh seorang guru dengan bekerja sama dengan guru yang lain dan mengundang seorang dosen sebagai nara sumber. Lesson Study demikian sering disebut sebagai School-Based Lesson Study. Lesson study tidak hanya memperhatikan pembelajaran untuk satu kali pertemuan atau satu pokok bahasan saja, melainkan bagaimana membelajarkan satu unit materi pokok dan bahkan bidang studi, dan juga memperhatikan perkembangan siswa dalam jangka panjang.

    ReplyDelete
  62. Nurul Purnaningsih
    13301241045
    Pendidikan Matematika Inter 2013

    Setelah menonton video-video tentang lesson study tersebut, saya jadi tertarik untuk mengikuti kegiatan serupa, karena saya rasa akan sangat banyak manfaat yang diperoleh dengana adanya lesson study. Untuk guru, lesson study berfungsi untuk merancang dan mempraktekkan suatu model pembelajaran untuk kemudian direfleksi dan dilakukan perbaikan atas hal-hal yang sekiranya masih kurang dalam pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  63. Naja Nusaibah
    13301241042
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Lesson study merupakan suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru dan aktivitas belajar siswa.
    Lesson study sudah dimulai sejak jaman dahulu sejak tahun 1900 di negara Jepang di suatu sekolah Konaikenshu, dan dikembangkan awal tahun 1960. Kemudian mulai dikembangakan di Indonesia sekitar tahun 1998 di IKIP Bandung, IKIP Yogyakarta, dan IKIP Malang.

    ReplyDelete
  64. Naja Nusaibah
    13301241042
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Manfaat Lesson Study yaitu :
    a. Mengurangi keterasingan guru pada komunitasnya
    b. Membantu guru untuk mengobservasi dan mengkritisi pembelajaran.
    c. Memperdalam pemahaman guru tentang materi pelajaran, cakupan dan urutan kurikulum.
    d. Membantu guru memfokuskan bantuannya pada seluruh aktifitas belajar siswa.

    ReplyDelete
  65. Naja Nusaibah
    13301241042
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Manfaat lain dari Lesson Study :
    a. Peningkatan mutu guru dan pembelajaran akan meningkatkan mutu lulusan
    b. Menciptakan terjadinya pertukaran-pertukaran harapan untuk pemahaman berfikit belajar siswa.
    c. Meningkatkan kolaborasi pada sesama guru dalam pembelajaran.
    d. Peningkatan ketrampilan menulis karya ilmiah atau buku ajar.

    ReplyDelete
  66. Puspita Sari
    13301241003
    Pend.Matematika A 2013

    Setelah melihat video yang Bapak berikan, saya sangat terkesan dan ingin dapat mengikuti proses lesson study. Dengan harapan setelah mempelajari menambah pengalaman.

    ReplyDelete
  67. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Lesson study merupakan salah satu inovasi dalam dunia pendidikan. Lesson study dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas. Dari video di atas, kita mampu melihat salah satu contoh lesson study yang pernah dilaksanakan di Indonesia. Sehingga terlihat jelas alur-alur dari lesson study, yaitu mulai dari plan (merencanakan), do (melaksanakan), dan see (refleksi). Sehingga dari video tersebut pula kita mampu menganalisis bagaimana proses lesson study berlangsung, sehingga daat memahami lebih tentang lesson study dan mampu mengaplikasikannya.

    ReplyDelete
  68. Risa Tri Oktaviani
    13301241016
    Pendidikan Matematika A 2013

    Lesson study mempunyai keunggulan menciptakan kerja sama antar guru dalam mengembangkan pembe lajaran, memberi peluang guru untuk memecahkan masalah masalah pembelajaran secara bersama sama, dan menjadikan guru semakin dekat dalam berkomunikasi. Lesson study menjadi suatu model pembinaan profesi guru yang tepat untuk mengembangkan kompetensi profesional guru sebagai pendidik.

    ReplyDelete
  69. Risa Tri Oktaviani
    13301241016
    Pendidikan Matematika A 2013

    Manfaat yang yang dapat diambil Lesson Study, diantaranya: (1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota lainnya, dan (3) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study. Lesson Study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: (1) perencanaan (plan); (b) pelaksanaan (do); refleksi (check); dan tindak lanjut (act).

    ReplyDelete
  70. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Lesson study adalah salah satu cara yang dilaksanakan oleh guru untuk melakukan pendekatan pembelajaran secara kolaboratif, dengan merancang langkah-langkah pokok pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. Fokus pelaksanaan lesson study adalah aktivitas siswa di kelas, siswa dijadikan pusat pembelajaran. Setiap aktivitas yang dilakukan siswa terkait dengan aktivitas guru selama mengajar di kelas. Tahapan yang perlu dilakukan untuk menerapkan lesson study yang pertama adalah membuat perencanaan pembelajaran, kemudian dilaksanakan dan terakhir adalah diberi refleksi.

    ReplyDelete
  71. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan video tersebut yang saya dapat simpulkan adalah bahwa seharusnya LKS itu bukanlah sekedar kumpulan soal tetapi LKS adalah senitasi proses belajar . Ada informasinya ada tahapannya, proses berpikir, proses menemukan, proses menyimpulkan dan bahan untuk didiskusikan bersama dalam kelompok. Jika LKS nya hanya 1 maka yang belajar cepat dia akan menunggu yang lambat, dan akhirnya yang cepat melakukan pembelajaran yang tidak ada tantangan dan tidak efisien. Itulah pentinganya variasi kontent.

    ReplyDelete
  72. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Lesson study merupakan model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar.
    Lesson study bermanfaat untung mendorong suasana pembelajaran aktif, kreatif dan inovatif bahkan di univesitas.

    ReplyDelete
  73. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Kegiatan Lesson study bisa dilaksanakan dalam proses pengajara pada tingkat manapun; baik pada proses pembelajaran SD, SMP, SMA, maupun pada tingkat universitas. Inti dari kegiatan ini adalah mengobservasi guru yang dijadikan model dalam mengajar. Banyak komponen dapat mengobservasi, mulai dari gur, kepala sekolah, maupun stake-holder pendidikan yang lain. Selanjutnya para observer memberikan masukan berdasarkan apa yang telah diamatinya untuk perbaikan pbm selanjutnya.

    ReplyDelete
  74. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Video ini sangat memberikan manfaat khususnya kepada guru dalam menerapkan kegiatan lesson study yang baik. Oleh karena itu hendaknya para guru bisa melihat contoh yang baik ini.

    ReplyDelete
  75. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Lesson study merupakan model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Dewasa ini lesson study banyak digunakan untuk membangun suasana yang positif dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  76. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Di dalam video tersebut terdapat starategi pembelajaran matematika, salah satunya dengan lesson study. Dengan adanya video ini diharapkan dapat bermanfaat ketika kita akan mengadakan proses pembelajaran dan dapat membaut variasi-variasi pembelajaran sehingga murid tidak merasa bosan. Terimaksaih Prof. Marsigit yang terlah membagiakan link video tersebut, sangat bermanfaatk untuk menjadi referensi strategi pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  77. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Lesson Study bukanlah suatu metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran.

    ReplyDelete
  78. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013
    Ciri-ciri dari Lesson Study yaitu adanya:
    a. tujuan bersama untuk jangka panjang
    b. materi pelajaran yang penting
    c. studi tentang siswa secara cermat
    d. observasi pembelajaran secara langsung

    ReplyDelete
  79. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Penyelenggaraan Lesson Study dapat dilakukan dalam dua tipe yaitu Lesson Study berbasis sekolah dan Lesson Study berbasis MGMP.

    ReplyDelete
  80. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pedidikan Matematika C 2013

    Lesson Study berbasis sekolah dilaksanakan oleh semua guru dari berbagai bidang studi dengan kepala sekolah yang bersangkutan. dengan tujuan agar kualitas proses dan hasil pembelajaran dari semua mata pelajaran di sekolah yang bersangkutan dapat lebih ditingkatkan.

    ReplyDelete
  81. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pedidikan Matematika C 2013

    Sedangkan Lesson Study berbasis MGMP merupakan pengkajian tentang proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh kelompok guru mata pelajaran tertentu, dengan pendalaman kajian tentang proses pembelajaran pada mata pelajaran tertentu, yang dapat dilaksanakan pada tingkat wilayah, kabupaten atau mungkin bisa lebih diperluas lagi.

    ReplyDelete
  82. 16701251032
    PEP S2 B

    Guru model mempersiapkan lesson study yang dimulai dari instrumen pembelajaran, mengajar, hingga assessment atau penilaian. Selama peer teaching dari mahasiswa berlangsung, semua baik dari dosen hingga siswa mengamati secara seksama dan setelahnya memberikan masukan dan saran membangun dari peroses yang barusan dilakukan.

    ReplyDelete
  83. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Lesson study diprakarsai dari negeri sakura (Jepang). Sistem yang dilakukan atau selama pembelajaran Bukan bertujuan dan terpusat kepada guru (teacher center) melainkan berpusat kepada siswa (student center).

    ReplyDelete
  84. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Dari ini dipahami bahwa, lesson study adalah sebuah upaya pembelaaran yang dilakukan untuk memahami arti pembelajaran yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  85. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Model pembelajaran diambil dan digunakan setelah melalui tahap penelitian dan evaluasi. Maka dijadikan teori sebagai arahan untuk diimplementasikan. Yang nantinya dikembangkan atau menciptakan teori baru.

    ReplyDelete
  86. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Lesson Study merupakan sebuah pendekatan pembinaan profesi pendidik melalui kegiatan pengkajian pembelajaran yang dilakukan secara berkesinambungan dan terpadu. Melalui kegiatan Lesson Study pembelajaran dapat dikembangkan untuk mendorong siswa agar belajar lebih aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan melalui pengalaman yang didapat dari pembelajaran yang diterapkan di dalam kehidupan…

    ReplyDelete
  87. Dyah Padmi
    13301241031
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Lesson study adalah belajar untuk mengajar. Dapat dikatakan bahwa lesson study memfasilitasi guru untuk membahas kesulitan-kesulitan yang dialami selama mengajar di kelas dan menemukan solusinya. Lesson study diprakarsai oleh negara Jepang. Dari link video yang tersedia di postingan ini, saya mengetahui bahwa lesson study memiliki alur do (proses mengajar) dan see (refleksi). Kedua hal ini dilakukuan oleh siswa dan guru bersama-sama.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id