Nov 2, 2014

Bagimana Meningkatkan Dimensi Notion Kita?

Oleh Marsigit



Kita dapat mengukur atau memosisikan seberapa kualitas Notion kita.



Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Jika kita menekankan pada bentuk Verbalnya, maka kita memeroleh apa yang disebut Utterances atau Ucapan.

Segala ungkapan, pernyataan atau kalimat kita dalam dialog baik secara lisan maupun tertulis, memunyai Dimensi.

Dimensi yang sering saya pikirkan adalah : Spiritual, Normatif, Formal, dan Material.

Tetapi itu sangat bersifat sederhana. Kita bisa menambah misalnya : Spiritual, Legal, Normatif, Formal, dan Material.

 Tetapi kita juga bisa menambah misalnya: Spiritual, Politik, Legal, Normatif, Formal dan Material.


Jika kita berfilsafat dengan tidak merujuk Pikiran para Filssuf, maka kualitas Notion kita belum mempunyai kriteria Normatif. Tetapi hanya baru bersifat hypothetical.


Hyphotetical merupakan tahap pertama metode berpikir dan biasanya dilakukan secara Common Sense (orang awam).

Untuk meningkatka kualitas Comment dan Notion anda dalam dialog/diskusi Filsafat anda dapat mencoba merefer Pikiran para Filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya.

Selamat meningkatkan kualitas Notion-notion.

Diagram berikut dapat dikembangkan secara kreatif sehingga dapat menuntun kita meningkatkan dimensi Notion kita.


Para Mahasiswa boleh membuat alternatif Dimensi sehingga kita semua dapat memeroleh khasanah pengetahuan yang lebih luas.

Peningkatan Dimensi Notion harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme. Karena Plagiarisme akan membakar habis semua krya-karya kita.

Notion yang terlalu singkat terancam untuk cenderung menjadi Reduksionisme; sedangkan Notion yang terlalu panjang tetapi kurang bermakna akan teramcam menjadi Rubish/Sampah.  Notion menuju Singkat berarti menuju Monisme; Notion menuju panjang berarti menuju Pluralime. Melalui Pluralisme/Dunia kita berusaha memaknai Spiritualisme/Monisme.

Diskusi bisa kita lanjutkan di dalam kelas Perkuliahan.


Add caption

52 comments:

  1. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Untuk menigkatkan dimensi notion kita tidak ada cara lain selain berdoa dan belajar. Dengan banyak berdoa dan belajar maka kita akan meningkatkan dimensi notion kita dengan sendirinya. Hal tersebut didapatkan dengan kuncinya adalah ikhlas. Ikhlas dalan berdoa dan belajar. Maka mari perbaiki niat kita, bahwa seorang mahasiswa belajar itu adalah untuk menuntut ilmu dan agar ilmu yang dipelajari tersebut bermanfaat dan dapat menjadi amal ibadahnya. Bukan belajar karena ingin memperoleh nilai A, agar dibilang pintar, dan semacamnya. Jika niat kuliah hanya untuk memperoleh selembar kertas dengan nilai baik maka yang terjadi adalah menghalalkan segala cara agar tujuannya tersebut dapat tercapai. Astaghfirullah.

    ReplyDelete
  2. Firda Listia Dewi
    16701251014
    PEP S2 Kelas B

    Notion adalah kemampuan berpikir untuk menghasilkan ungkapan, pernyataan, maupun kalimat. Supaya notion dapat meningkat, dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas spiritual, normatif, formal, legal, dan material. Cara lain dalam meningkatkan notion adalah dengan berfikir secara terbuka untuk dapat menerima dan senantiasa mencari pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  3. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Meningkatkan notion salah satunya dapat dilakukan dengan terus berusaha belajar. Belajar merupakan bagian dari proses berfikir. Setiap individu memiliki skema atau apriorinya masing masing, yang berbeda satu denga yang lainnya. Hal tersebut mempengaruhi bagaimana landasan dasar dan ke arah mana individu berfikir. Filsafat adalah pikiran itu sendiri. Notion meningkat jika manusia melalui gejolak atau kacau dalam pikir untuk sampai pada konsep yang sesuai ruang dan waktu, namun tidaklah sampai kacau itu masuk kedalam individu tersebut. Berfikir pun tidak bisa menjadi fanatik, karena fikiran berdimensi dan berstruktur

    ReplyDelete
  4. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Menurut saya cara meningkatkan notion adalah dengan meningkatkan kualitas spiritual, normatif, formal, dan material. Letakkan spriritual di paling atas. Miliki hati dan pikiran yang ikhlas serta selalu terus menerus bergerak mencari hal yang baru termasuk ilmu. Dengan selalu membaca dan membaca.
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  5. Nuha fazlussalam
    13301244023
    si pendidikan matematika c 2013

    dari postingan diatas saya jadi tahu notion notion dalam bentuk ucapan, tulisan memilki aliran sama seperti pendidikan, notion juga memiliki aliran spiritual, formal, material dsb. notion tersebut harus bisa sesuai dnga ruang dan wakktu, mampu memberikan teis dan adnti tesis. sehingga tidak terlalu singkat dan tidak terlalu panjang. terimakasih pak

    ReplyDelete
  6. Harsiti Indrawati
    13301241021
    Pend.Matematika A 2013


    Dalam meningkatkan notion kita dibutuhkan usaha untuk menambah khazanah pengetahuan kita tentang filsafat. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa semuanya dalam kehidupan kita berhirarki. Begitu pula pengetahuan kita juga demikian. Notion kita juga berdimensi, bergantung pada kualitasnya. Ada kualitas spiritual, normatif, formal, dan material.

    ReplyDelete
  7. Cinta Adi Kusumadewi
    13301241056
    Pendidikan Matematika I 2013

    Setelah membaca pembahasan di atas tentang notion, saya memahami bahwa notion adalah apa yang kita ucapkan, yang mana itu berasal dari pikiran. Sesuatu hal yang kita ucapkan juga berdimensi spiritual, normatif, formal, dan material. Hal ini senada dengan 'teori' hermenitika hidup yang juga pernah saya baca. Oleh karena ucapan manusia berdimensi, maka secara hakiki pun pikiran kita berdimensi secara hirarkhi. Demikianlah ucapan yang juga berdimensi hirarkhi pun bagian dari hidup yang berhermenitika, baik secara horizontal maupun vertikal, baik kepada Tuhannya maupun kepada sesamanya.

    ReplyDelete
  8. Cinta Adi Kusumadewi
    13301241056
    Pendidikan Matematika I 2013

    Notion yang berdimensi ini tidaklah serta merta ada dan tersedia dalam pikiran sementara kita duduk diam. Akan tetapi, kita perlu menambahnya agar notion kita semakin berkualitas, semakin tinggi cara berpikirnya dan semakin analitik. Proses penambahan itu dapat kita peroleh dengan cara menambah wawasan atau pengetahuan melalui pengalaman. Sehingga semua itu dapat mendukung cara berpikir kita secara analitik dan menuju filsafat.

    ReplyDelete
  9. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Filsafat adalah pikiran itu sendiri. Notion meningkat jika manusia melalui gejolak atau kacau dalam pikir untuk sampai pada konsep yang sesuai ruang dan waktu, namun tidaklah sampai kacau itu masuk kedalam individu tersebut. Berfikir pun tidak bisa menjadi fanatik, karena fikiran berdimensi dan berstruktur. Begitu pula pengetahuan kita juga demikian. Notion kita juga berdimensi, bergantung pada kualitasnya. Ada kualitas spiritual, normatif, formal, dan material.

    ReplyDelete
  10. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    meningkatkan notion adalah dengan meningkatkan kualitas spiritual, normatif, formal, dan material. Letakkan spriritual di paling atas. Miliki hati dan pikiran yang ikhlas serta selalu terus menerus bergerak mencari hal yang baru termasuk ilmu. Maka mari perbaiki niat kita, bahwa seorang mahasiswa belajar itu adalah untuk menuntut ilmu dan agar ilmu yang dipelajari tersebut bermanfaat dan dapat menjadi amal ibadahnya. Bukan belajar karena ingin memperoleh nilai A, agar dibilang pintar, dan semacamnya.

    ReplyDelete
  11. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    sebenar-benar filsafat adalah untuk merefleksikan diri dan pikirin kita, maka untuk meningkatkan dimensi notion kita adalah denagn banyak merefleksi diri, karena refleksi akan membuat tenang dan membuat kita sadar akan kelemahan dan kekurangan kita, sehingga kita bisa mencapai kelas yang lebih tinggi dalam menjalani hidup ini. segala yang kita pikirkan belum tentu bisa terucapkan semuanya, namun apa yang kita ucapkan sudah pasti itu dari pikiran kita, maka berhati-hatilah dalam berucap karena itu sesuangguhnya pemikiran kita sebenarnya, dan bagi mereka yang mengucapkan tanpa berpikir dulu itu lah yang harus lebih banyak merefleksi diri supaya lebih terkontrol, sehingga dimensi notion kita naik tingkat ke spiritual.

    ReplyDelete
  12. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    Untuk dapat meningkatkan kualitas comment dan notion kita dalam diskusi/dialog filsafat maka kita perlu mencoba merefer pikiran para filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya. Namun untuk meningkatkan dimensi notion harus disertai usaha agar terhindar dari plagiarisme. Selain itu, kita perlu banyak membaca karena berfilsafat tanpa membaca sama saja bohong. Jika kita hanya berfilsafat ala kadarnya saja, kita bisa dikatakan sebagai orang awam yang hanya asal komentar.

    ReplyDelete
  13. Dita Aldila Krisma
    13301241002
    Pendidikan Matematika I 2013

    Berdasarkan pemaparan diatas, saya jadi tahu notion. Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Ungkapan kita baik secara lisan maupun tertulis, ternyata mempunyai dimensi. Dimensi tersebut dapat berupa Spiritual, Normatif, Formal, dan Material. Seperti halnya kehidupan ini yang berhierarki atau berstruktur. Untuk meningkatkan kualitas notion kita, maka kita perlu banyak belajar untuk berpikir dan mencari pengalaman. Dengan begitu, notion dari diri kita bisa berbekal dan berbobot sehingga tidak asal jiplak mengungkapkan.

    ReplyDelete
  14. Seftika Anggraini
    13301241013
    Pendidikan Matematika I 2013

    Notion adalah uangkapan dari pikiran kita. Notion itu berdimensi. Notion juga memiliki tingkatan kualitasnya. Untuk meningkatkan kualitas notion, dapat diperoleh dengan banyak pengalaman yang dipikirkan dan pikiran yang diterapkan.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  15. Khaerudin
    16701621009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Ada dua potensi yang dimilki manusia yaitu fatal dan vital, fatal itu takdirnya, dan vital itu ikhtiarnya.
    Selama masih ada didunia, dan bukan urusan agama, atau urusan keyakinan kalau kita berhenti memikirkanaya itu telah menjadi mitos. Kita tidak akan pernah tau kenapa, apa, mengapa dan sebagainya. Sebenar-benar hidup adalah berangkat dari mitos menuju logos, tapi tidak akan tercapai karena sebenar-benar logos absolut adalah Tuhan YME, manusia hanya berikhtiar menuju ke logos. Kita dituntut untuk selalu berusaha dan ikhtiar secara kontinu untuk mewujudkan semua harapan.

    ReplyDelete
  16. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Untuk meningkatkan dimension kita, maka kita harus meningkatkan taraf berpikir kita. Meningkatkan taraf berfikir yaitu dengan belajar dan mengkaji islam, kemudian menguatkan akidah kita, dan menyelesaikan persoalan kehidupan dengan solusi islam. Karena islam bukan hanya agama tetapi juga menyangkut aturan kehidupan manusia.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  17. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A 2013

    Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Notion yang berkualitas dapat dilatih dengan banyak belajar dan membaca. Notion yang baik tidak terlalu panjang tetapi juga tidak terlalu pendek. Notion yang baik adalah ketika kita bisa menyampaikan sebuah makna dalam kalimat yang pas, mudah dipahami, dan mudah dicerna.

    ReplyDelete
  18. Andina Yuliana Dewi
    13301241007
    P.Matematika I 2013

    Dari bacaan di atas, saya jadi belajar bahwa notion itu adalah segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Komentar yang saya tinggalkan di blog Prof. Marsigit ini juga merupakan notion. Akan tetapi masih dalam tahap pertama metode berpikir atau sering disebut Hyphotetical. Agar komentar yang ditinggalkan berkualitas maka saya perlu mencoba merefer pikiran para filsuf dengan cara merefer pendapat-pendapatnya.

    ReplyDelete
  19. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    dari postingan ini saya mengetahui bahwa notion itu adalah ucapan yang berhubungan langsung dengan pikiran kita. dan dalam menggunakan notion-notio tersebut kita tidak boelh berlebihan, karena notion yang panjang atau notion yang singkat semuanya merujuk ke suatu hal yang lebih khusus lagi mengenai diri kita. jadi kita berpikir terlebih dahulu sebelum mengucapkan sesuatu, menurut saya haltersebut dapat menignkatkan dimensi notion kita.

    ReplyDelete
  20. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Filsafat adalah pemikiran. Sedalam-dalamnya pemikiran filsafat adalah dirimu sendiri. Seorang filsuf diakui karena dia berada di ruang dan waktu filsafat dengan benar dan diakui oleh khalayak. Untuk menggapai pemikiran layaknya filsuf, dibutuhkan pemikiran mendalam agar bisa berada di dimensi yang sama dengan filsuf, tanpa kehilangan jati diri. Filsafat untuk kebaikan hidup manusia. Filsafat adalah membahas antara hal yang ada dan yang mungkin ada. Untuk itu, menurut saya, pemikiran kita dapat antara realita dan khayal. Kita harus bisa menempatkan diri dan selalu ingat kebenaran yang absolut, yaitu Tuhan.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Merujuk pada pengertian Notion yakni ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita bila dilihat dari bentuk verbalnya memunculkan ucapan dengan kata lain melahirkan sebuah gagasan, faham, pendapat, perasaan, pandangan . Maka untuk meningkatkan kualitas notion menurut saya proses-proses yang bisa diasah adalah selalu belajar berfikir positif dan berfikir reflektif. Berfikir positif bisa menumbuhkan semangat dan realistik sehingga bisa meningkatkan kepedulian terhadap sekitar dan bisa melihat lebih banyak lagi hal-hal yang realistik di sekitar kita sedangkan berfikir reflektif sendiri bisa menjadi cermin/refleksi terhadap diri kita sendiri terkait apa yang sudah kita lakukan sehingga berfikir reflektif bisa mendorong kita menjadi pribadi yang ebih berkualitas dan bermakna dalam hidup.

    ReplyDelete
  23. RAHMANITA SYAHDAN
    16709251013
    PPs Pmat A 2016

    Bismillahirrahmanirrahim
    Dalam buku falsafah agama dan kemanusiaan, murtadha muthahhari menulis, “Pengalaman sejarah menunjukkan bahwa akibat dari memisahkan antara ilmu pengetahuan dan keimanan, telah terjadi kerugian yang tidak dapat ditutup. Keimanan harus dipahami dengan memperhatikan ilmu pengetahuan sehingga tidak terjadi pembaruan keimanan dengan mitos. Keimanan tanpa ilmu pengetahuan berakhir dengan kemandekan, prasangka buruk, dan tidak mencapai tujuan. Kalau tidak ada ilmu pengetahuan, keimanan menjadi alat bagi orang-orang pandai yang munafik. Kasus kaum Khawarij pada era Islam awal dapat kita lihat sebagai salah satu contoh kemungkinana ini.
    Ilmu pengetahuan tanpa keimanan laksana sebilah pedang tajam di tangan pemabuk yang kejam. Juga ibarat lampu di tangan pencuri, yang digunakan untuk menolong si pencuri mencuri barang yang berharga di tengah malam. Itulah sebabnya sama sekali tak ada bedanya antara watak dan perilaku orang tak beriman pada masa dahulu yang tidak berilmu pengetahuan. Lantas, apa bedanya antara Churcill, Johnson, Nixon, dan Stalin dewasa ini dengan Fir’aun, Jengis Khan, dan Atilla pada zaman dahulu?
    Dapatlah dikatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah cahaya dan juga kekuatan, maka penerapannya ada dunia materiel ini tidaklah khusus. Ilmu pengetahuan mencerahkan dunia spiritual kita juga dengan konsekuensinya memberikan kekuatan bagi kita untuk menubah dunia spiritual kita. Sebab itu, ilmu pengetahuan dapat membentuk dunia dan manusia juga. Ilmu pengetahuan dapat menunaikan tugasnya sendiri, yaitu membentuk dunia; tugas agama, yaitu membentuk manusia. Jawabannya, semua ini memang benar, tetapi masalah utamanya bahwa ilmu pengetahuan adalah alat penggunannya tergantung kepada kehendak manusia. Apa saja yang dilakukan manusia dengan ilmu pengetahuan, dia dapat melakukannya dengan lebuh baik. Itulah sebabnya, kami katakan bahwa ilmu pengetahuan membantu kita mencapai tujuan dan melintasi jalan yang kita pilih.

    ReplyDelete
  24. Retno Widyaningrum
    16701261004
    S3 PEP A
    Untuk mengembangkan Notion maka harus banyak membaca dan membaca, karena dengan banyak membaca maka literatur pengetahun yang kita simpan dalam pikiran kita akan sangat banyak sehingga kalau akanmengembangkan notion sangat mudah. beda dengan orang tidak suka membaca maka mereka akan bingung mau bernotion apa.

    ReplyDelete
  25. Ika Dewi Fitria Maharani
    PPs UNY P.Mat B
    16709251027

    Dari bacaan ini saya menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan dimensi notion kita ialah dengan cara berusaha membaca pikiran-pikiran para filsuf. Usaha ini tentu membutuhkan waktu, karena itulah yang dinamakan sebuah proses. Minimal dimensi yang sering kita pikirkan adalah spiritual, normatif, formal dan material. Namun kita bisa menambah dimensi notion kita menjadi lebih banyak.

    ReplyDelete
  26. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016


    Notion harus kita tingkatkan supaya kebenarannya tidak bersifat hipotetis, kebenaran bersifat sementara. Bukan cara yang mudah meningkatkan notion kita. Membaca-membaca, dan membaca, adalah satu-satunya cara meningkatkan notion kita, meski ini tidak mudah dilakukan. Membaca buku, membaca pengalaman, membaca pikiran, membaca situasi, membaca apapun yng ada akan meningkatkan dimensi notion kita, dan selanjutnya kita bisa membuktikan kebenaran yang bersifat hipotetis tadi. Terima kasih sarannya, Prof....

    ReplyDelete
  27. ANDI SRI MARDIYANTI SYAM
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Meningkatkan notion, atau segala ungkapan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita menurut saya merupakan hal yang sangat penting. Terlebih bagi seorang pendidik atau guru. Dengan meningkatnya dimensi notion kita sebagai seorang pendidik, maka akan lebih baik kualitas kita dalam mentransfer pengetahuan yang kita miliki kepada peserta didik.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  28. ANDI SRI MARDIYANTI SYAM
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Seperti yang diingatkan oleh Prof. Marsigit dalam tulisan di atas, bahwa dalam meningkatkan notion, jangan sekali pun kita melakukan plagiarisme di mana dampaknya bisa menghanguskan seluruh karya-karya kita sebelumnya. Untuk itu, dalam mengadopsi pendapat para ahli, terdapat aturan-aturan yang harus kita perhatikan, salah satunya mencantumkan sumber. Dan dari pendapat tersebut kita bisa mengembangkan gagasan dan mengemukakan hal-hal baru.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  29. Notion merupakan setiap ide dan kreativitas yang membentuk inovasi dalam sebuah pengembang originalitas karya secara teoretis maupun praktis. Pembentukan notion dalam diri manusia tentu dipengaruhi pola pikir dan pengalaman yang dimiliki tiap insan. Salah satu saran Prof. Igit untuk meningkatkan notion adalah baca, baca, dan baca. Konteks ini mengajari kami cara berpikir holistik, heterogenus, dan open minded. Perbandingan notion tiap insan dalam satu kajian yang sama mampu membentuk hipotesis yang sama kuat dan mengunstruks ide baru dalam membangun keilmuan.
    Dari segi pendidikan dan kedewasaan berpikir generasi yang akan datang, notion juga berpengaruh pada pemberdayaan sumber pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran, pengembangan indikator, penguatan kompetensi, sampai pada dasar filsafah di bidang pendidikan itu sendiri.
    Prof.,
    Dimensi notion yang beragam kadang berefek pada pengembangan notion yang tidak seimbang dengan kelogisan berpikir. Ada kalanya notion yang dibuat tanpa dasar dan tanpa alasan."Jika kita berfilsafat dengan tidak merujuk Pikiran para Filssuf, maka kualitas Notion kita belum mempunyai kriteria Normatif. Tetapi hanya baru bersifat hypothetical" Prof. Igit menyampaikan mengenai hipotesis dalam memberi tanggapan pada nation.

    Memet Sudaryanto
    S-3 PEP
    16701621005

    ReplyDelete
  30. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Meningkatkan notion sama dengan meningkatkan kualitas pikiran. Seperti yang selalu Bapak Prof.Dr. Marsiigit, MA katakan dalam perkuliahan, bahwa dalam memahami ilmu kita harus selalu dan selalu banyak MEMBACA. Banyak membaca akan membuat kita memahami apa yang kita dengar sehingga kita juga dapat terlibat dan dapat mengungkapkan apayang ada di pikiran kita sehingga meningkatkan dimensi notion kita.

    ReplyDelete
  31. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    Filsafat merupakan proses berpikir. Ungkapan yang kita hasilkan dari berpikir disebut sebagai notion. Pengetahuan saya tentang notion salah satunya saya peroleh dari blog Prof. Marsigit. Dan dalam membuat notion hendaknya merujuk pada pemikiran-pemikiran para filsuf, sehingga diperolehlan notion yang memiliki kriteria normatif. Melalui elegi-elegi di blog ini semoga kita bisa menghasilkan notion berkarakter normatif dengan merujuk pada hasil pemikiran Prof. Marsigit (sbg filsuf). Amiiiiiin...

    ReplyDelete
  32. Dian Rizki Herawati
    13301241057
    PMA 13
    Meningkatkan notion dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas spiritual, normatif, formal, dan material. spiritual selalu diposisikan sebagai hal yang sangat fundamental dalam meningkatkan kualitas diri manusia, karena tanpa spiritual yang bagus, perilaku seseorang akan tidak karuan. Cara-cara lain untuk meningkatkan notion adalah dengan terus menerus berfikir dan mencari ilmu-ilmu yang baru.

    ReplyDelete
  33. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Notion yang disampaikan oleh para mahasiswa melalui komentar yang ada dalam blog ini belum bisa mewakili pemahaman atau bahkan ketidakpahaman mereka secara sempurna. Hal ini disebabkan karena utterances/notion hanyalah merupakan bayangan dari pikiran para mahasiswa yang berusaha menerjemahkan isi elegi penulis. Pun demikian, notion dapat ditingkatkan dengan membaca-membaca-membaca. Setelah membaca, kita diharapkan bisa mencari tesis dan anti-tesis, mensintesis, membuat hipotesis, dan menguji kebenarannya.

    ReplyDelete
  34. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Untuk meningkatkan notion kita dengan adanya usaha untuk mencari pengetahuan dimana membaca adalah satu dari sekian banyak cara kita untuk memahami isi dari sebuah pengetahuan. Contohnya saja saat memberikan komentar pada blog ini, jika tidak banyak membaca akan kesulitan untuk mengerti. Karena segala ungkapan yang kita keluarkan akan memperlihatkan isi pikiran kita, dan seberapa banyak kita mengetahui sesuatu itu. Membaca buku tentang bagaimana pemikiran para filsuf, aliran-aliran yang ada dari zaman ke zaman, serta jika adanya usaha tanpa adanya doa juga akan berat sebelah. Maka perbanyaklah beribadah dan doa secara kontinu untuk kemudahan belajar.

    ReplyDelete
  35. Fitri WUlandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Seperti penjelasan yang disampaiakan Prof. Marsigit pada wacana meningkatkan dimensi notion, maka kita tahu bahwa notion adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pikiran kita. Dengan belajar secara terus menerus dan kontinu tentu akan menambah wawasan dan pengetahuan kita, dan tentu saja demensi notion kita sebagai luasan pengetahuan kita yang berhubungan dengan pengetahuan spiritual, material, normatif juga akan bertambah.

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Fitri WUlandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Pikiran adalah bagian dari reaksi dari panca indra kita terhadap objek yang riil diamati ataupun objek semu yang diada-adakan atau dikhayalkan oleh keinginan. Hasil dari pikiran tersebut berupa persepsi, dapat posistif atau negative. Benar atau salah memahaminya dapat disebabkan karena kurangnya pengetahuan, atau tidak mau memahami dengan benar. Untuk mengetahui persepsi itu positif atau negative, maka hanya hatilah yang dapat menepisnya dengan dukungan akal sebagai pemberi sinyal kebenaran. Hati akan tenang jika hal ituadalah benar, namun sebaliknya akan tidak tenang jika hal tersebut tidak benar.

    ReplyDelete
  38. Cara bagaimana kita meningkatkan dimensi adalah dengan mencari ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya yang kita bisa seperti membaca buku, belajar dengan banyak guru, dan lain-lain. Dengan banyaknya pengetahuan tentu akan mengembangkan nation kita.

    M. Saufi Rahman
    S3 PEP kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  39. Sebagai mahasiswa, kita harus meningkatkan dimensi notion. tentunya dengan cara menambah referensi bacaan agar kita memperoleh banyak pengetahuan dan ilmu. demikian bisa dituangkan dalam bentuk karya-karya.
    Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    ReplyDelete
  40. ilmu pengetahuan sangat penting dalam membangun karya-karya kita. namun tidak kalah penting lagi adalah jujur dalam berkarya. tentuny harus terbebas dari plaigiasi.
    Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    ReplyDelete
  41. Umi Arismawati
    13301241032
    Pendidikan Matematika A 2013

    Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Notion atau gagasan dapat diungkapkan secara lisan ataupun tertulis. Notion dapat berdimensi pada Spiritual, Normatif, Formal, dan Material

    ReplyDelete
  42. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Notion yang di dasari oleh pemikiran para filosof memang sangat penting. Namun menurut pemikiran saya itu berlaku untuk forum-forum resmi dan formal. Mario Teguh dalam mengimplementasikan notionnya menjadi suatu ucapan tetap enak didengar dan bisa masuk dihati para pemirsanya bahkan sangat memotivasi pemirsa yang menonton meskipun dia tidak mengutip kata-kata para filusuf dan hanya berdasarkan local genious. Jadi menurut pemikiran saya pribadi bobot notion berupa utterances bukanlah ketika ucapan tersebut selalu bersandar kepada pemikiran para filusuf, tetapi ketika notion yang diucapkan itu mampu memberi jalan keluar atas permasalahan yang sedang kita hadapi, meskipun utterances itu hanyalah datang dari orang yang biasa-biasa saja dan bertumpu pada local genious.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  43. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Peningkatan notion menurut pemikiran saya ada yang boleh plagiarisme, yang manakah notion yang boleh plagiarisme, yakni notion dalam ruang lingkup spiritual. Karena sebenarnya dalam menyampaikan bunyi ayat itu kita tidak boleh menambah ataupun mengurangi bunyi ayat tersebut ketika ayat tersebut digunakan untuk mendukung persepsi kita. Jadi memang kita harus menyampaikan ayat itu apa adanya tanpa dikurangi maupun ditambahkan. Begitu pula saat mentafsirkan ayat tersebut, jangan sampai menyimpang dan bertentangan antara satru ayat dengan yang lainnya. Karena didalam al-Quran tidak ada ayat yang bertentangan. Kalaupun ada ayat yang bertentangan, hal itu merupakan ayat al-mutasyabih wal mutasyabihat. Artinya hukum ayat yang satu menjadi tidak berlaku lagi karena turunnya ayat yang lainnya.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  44. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Kualitas notion orang awam menurut pandangan para filsuf belumlah merujuk pada kriteria normatif seperti yang ada dalam diri para filsuf, tetapi kualitas notion orang awam menurut para filsuf baru bersifat hypothetical.
    yang merupakan tahap pertama metode berpikir dan biasanya dilakukan secara Common sense. Sebagai orang awam, kita perlu meningkatkan kualitas notion kita dengan mencoba memahami pemikiran para filsuf dari pandangan-pandangan yang dimilikinya. Peningkatan kualitas notion ini harus disertai usaha agar terhindar dari Plagiarisme karena Plagiarisme akan membakar habis semua karya-karya yang sudah kita miliki.

    ReplyDelete
  45. Luthfannisa Afif Nabila
    13301241041
    Pendidikan Matematika A 2013
    Ternyata untuk menjadi notion yang berkualitas kita harus menghindari notion yang reduksionisme dan notion rubish. Dalam mengungkapkan notion sebaiknya ideal namun berisi.

    ReplyDelete
  46. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pend. Mat I 2013

    Dari paparan di atas, kita dapat mengetahui bahwa untuk meningkatkan kualitas notion kita, kita perlu meningkatkan pemhaman kita tentang filsafat. Karena dengan filsafat, kita bisa lebih mengetahui mana hal yang baik dan mana hal yang tidak baik dalam meningkatkan notion dari sudut pandang filsafat.

    ReplyDelete
  47. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Dimensi notion adalah hal-hal yang akan diungkapkan terhadap sesuatu yang berasal dari pikiran kita. Akan tetapi dalam dimensi notion kita sendiri tidak begitu saja berkembang secara signifikan melainkan dari proses pembelajaran dan bacaan-bacaan apa saja yang telah kita baca. sehingga dari hal itu akan timbul pemikiran-pemikiran kritis yang bisa saja kita kemukakan dengan berdasarkan rujukan-rujukan para ahli.

    ReplyDelete
  48. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Dimensi notion dalam diri manusia sangatlah beragam, karena masing-masing pola pikir yang terkandung dalam setiap manusia berbeda-beda tergantung dari apa yang ia baca dan lingkungan tempat pergaulannya. Walaupun ranah dimensi notion dibagi atas 4 besar yaitu Spiritual, Normatif, Formal dan material. akan tetapi untuk mencapai tahap demi tahap perkembangan kemampuan olah pikir kita itu pastinya berbeda akan dihasilkan dari pengalaman-pengalaman yang muncul didalam diri setiap manusia.

    ReplyDelete
  49. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Salah satu cara untuk meningkatkan dimensi notion kita adalah dengan banyak membaca. Dalam diskusi filsafat ilmu jika ingin meningkatkan dimensi notion maka baca dan pahamilah pemikiran-pemikiran filsuf yang ada. Dimensi notion adalah sesuatu hal yang fleksibel, tidak hanya berpaku pada dimensi formal, spiritual, legal, normatif, dan masih banyak lagi yang lainnya. Meningkatkan dimensi notion sama dengan meningkatkan tingkat berpikir kritis kita.

    ReplyDelete
  50. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Notion adalah segala ungkapan yang berkait langsung dengan pikiran kita. Notion memiliki dinensi. Untuk meningkatkan dimensi notion kita maka kita harus memperbanyak membaca pikiran para filsuf sehingga kualitas Notion kita mempunyai kriteria Normatif.


    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  51. Notion merupakan ungkapan baik tertulis maupun lisan yang berkaitan langsung dengan pikiran kita. Untuk dapat meningkatkan dimensi notion yang kita miliki kita harus banyak membaca bubu-buku dan merujuk pada pikiran para filsuf, karena jika ungkapan itu baru bersumber dari pendapat kita saja bisa jadi itu baru berupa hyphotetical dan bukan merupakan notion yang normatif. Banyak membaca buku-buku tentang filsafat, berusaha memahami pikiran para filsuf dengan merujuk pada pendapat-pendapatnya, bertanya pada ahli dan selalu menambah wawasan yang kita miliki adalah cara-cara yang bisa kita lakukan. Semoga kita bisa meningkatkan dimensi notion kita, semakin berfikir kritis dan berhati ikhlas dalam berfilsafat.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  52. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Notion memiliki dimensi, yang sering disebut yaitu spritual, normatif, formal, material. Untuk mengembangkan atau meningkatkan dimensi notion kita, kita harus terus beajar dan terus membaca sehingga kita memiliki banyak referensi atau pengetahuan baru. Belajar dengan ikhlas dan berusaha menghindari plagiat.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id