Sep 20, 2010

Elegi Menggapai Rumah Paradoks




Oleh Marsigit
(Diolah dari Paradoks Russell)

Rumah paradoks:
Aku adalah rumah paradoks. Penghuniku hanyalah orang-orang yang tidak sama dengan dirinya sendiri.

Alfa:
Wahai rumah paradoks, namaku adalah Alfa. Aku ingin bertanya. Apakah aku penghuni rumahmu atau bukan?

Rumah paradoks:
Engkau bisa menghuni rumahku bisa juga tidak menghuni rumahku.

Alfa:
Kapan aku menghuni rumahmu?

Rumah paradoks:
Jika engkau tidak sama dengan dirimu sendiri. Yaitu engkau tidak sama dengan Alfa.

Alfa:
Baik, aku sekarang akan menghuni rumahmu.

Rumah paradoks:
Apa yang engkau maksud dengan “aku”

Alfa:
Yang aku maksud dengan “aku” adalah diriku yaitu Alfa. Jadi aku adalah Alfa.

Rumah paradoks:
Karena engkau sama dengan Alfa maka engkau harus keluar, dan tidak boleh menghuni rumahku.

Alfa:
Bukankah aku telah menghuni rumahmu. Maka aku tidak sama dengan Alfa.

Rumah paradoks:
Baiklah karena engkau tidak sama dengan Alfa maka engkau boleh menghuni rumahku.

Alfa:
Bagaimana engkau ini, wahai rumah paradoks. Aku itu penghuni rumahmu atau bukan?

Rumah paradoks:
Sebenarnya engkau itu sekaligus penghuni rumahku dan bukan penghuni rumahku.

37 comments:

  1. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dalam paradoks akan ditemukan kontradiksi. Namun kontradiksi yang dihasilkan merupakan kontradiksi yang keduanya memang lah suatu kebenaran. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak paradoks yang ditemui manusia karena itu adalah sifat manusia, yaitu kontradiksi.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Paradoks adalah sebuah pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran tetapi kenyataannya mengandung kebenaran (KBBI) Dari elegi tersebut yang dapat menghuni rumah paradoks adalah subjek yang tidak sama dengan dirinya. Saya menyimpulkan bahwa manusia adalah bagian dari paradoks karena tidak ada manusia yang bisa sama dan mengetahui dirinya sendiri. Rumah paradoks adalah rumah bagi subjek yang kontradiksi.

    ReplyDelete
  3. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Dalam elegi ini dijelaskan bahawa adanya kontradiksi. Kehidupan manusia itu sifatnya kontradiksi, paradoks pun juga sifatnya kontrakdiksi yaitu bagian dari sifat manusia pula, maka sebenar-benarnya hidup adalah tentang aku dan bukan aku.

    ReplyDelete
  4. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Paradoks adalah pernyataan yang benar dan mengarah pada kontradiksi atau situasi yang bertentangan dengan intuisi. Bagi orang awam, paradoks adalah kalimat yang membingungkan. Banyak orang tidak menyadari bahwa hidup itu penuh dengan paradoks. Elegi rumah paradoks ini menurut saya menceritakan tentang bagaimana kita menggapai sesuatu hal yang kita inginkan. Ketika kita mencoba meraihnya, pastilah ada syaratnya. Nah, syarat itulah yang harus kita penuhi. Terkadang, syarat itu menjadikan kita sebagai seseorang yang bukan diri kita. Artinya, kita dapat meraihnya dengan jalan kita tidak bertindak sebagai diri kita sendiri. Maka dari itu dunia sering di katakan sebagai panggung sandiwara. Terlalu banyak orang yang berpura- pura dalam kehidupannya.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Bagi saya pribadi sungguh diperlukan kecermatan pikiran dan ketenangan hati saat membaca dan memahami elegi menggapai rumah paradoks ini. Pada elegi ini terdapat pernyataan-pernyataan yang kontradiksi, pernyataan yang menyangkal pernyataan sebelumnya. Memang benar bahwa di dalam kehidupan akan dijumpai berbagai hal yang saling kontradiksi. Yang menarik adalah bagaimana cara tiap individu untuk dapat menyikapi segala bentuk kontradiksi yang ia temui.

    ReplyDelete
  6. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Paradoks memiliki arti kebenaran yang saling berkontradiksi /bertentangan. Suatu keadaan yang kebenaran yang berkontradiksi tersebut muncul dari suatu asumsi atau suatu preposisi dimana preposisi tersebut juga benar dan dasar asumsi tersebut adalah keadaan awal yang juga benar. asumsi yang benar dikontradiksikan dengan keadaan awal yang benar maka akan menghasilkan konflik. Konflik tersebut akan membuat kita lebih paham terhadap keadaan awal.

    ReplyDelete
  7. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Paradox merupakan sesuatu yang berlawanan namun mengandung unsur kebenaran. Dalam matematika serupa dengan istilah kontradiksi. Hidup manusia memang penuh dengan kontradiksi. Dengan kata lain, manusia memang menjadi bagian dari paradox.

    ReplyDelete
  8. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Manusia tanpa adanya paradoks ya bukan manusia karena selama manusia hidup maka ia akan menemui banyak kontradiksi. Kodrat manusia yang kontradiktif maka manusia berproses mencari dan mendapatkan sintesis dalam kehidupannya sehingga manusia dapat mengenal dirinya sendiri

    ReplyDelete
  9. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Paradoks adalah suatu situasi yang timbul dari sejumlah premis (apa yg dianggap benar sbg landasan kesimpulan kemudian; dasar pemikiran; alasan; (2) asumsi; (3) kalimat atau proposisi yg dijadikan dasar penarikan kesimpulan di dl logika) yang diakui kebenarannya yang bertolak dari suatu pernyataan dan akan tiba pada suatu konflik atau kontradiksi.
    Sumber: https://belajararief.com/index.php/tulisan/science/75-berpikir-paradox

    ReplyDelete
  10. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Further, paradoks adalah sebuah pernyataan yang betul atau sekelompok pernyataan yang menuju ke sebuah kontradiksi atau ke sebuah situasi yang berlawanan dengan intuisi. Biasanya, baik pernyataan dalam pertanyaan tidak termasuk kontradiksi, hasil yang membingungkan bukan sebuah kontradiksi, atau "premis"nya tidak sepenuhnya betul (atau, tidak dapat semuanya betul). Pengenalan ambiguitas, equivocation, dan perkiraan yang tak diutarakan di paradoks yang dikenal sering kali menuju ke peningkatan dalam sains, filsafat, dan matematika.

    ReplyDelete
  11. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Paradoks merupakan kondisi dimana pernyataan berada pada titik yang membingungkan. Tidak semua manusia menyadari keberadaan paradoks, tidak semua manusia yang mengenali paradoks. Karena dalam paradoks kita tidak mampu membedakan ya atau tidak, benar dan salah. Karena paradoks itu sendiri memiliki makna yang bertentangan namun kenyataannya mengandung kebenaran.

    ReplyDelete
  12. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Saya memahami paradoks sebagai suatu situasi yang dimulai dari satu atau beberapa pernyataan awal yang akan menghasilkan kesimpulan yang justru bertentangan atau kontradiksi dengan pernyataan awal tadi,semakin berulang maka semakin memunculkan kebingungan. Paradoks ini bisa memunculkan pertentangan tidak hanya dengan orang lain tetapi bisa juga terjadi dalam diri sendiri. Adanya paradoks ini mengajarkan kita untuk senantiasa hati-hati dalam berucap/memberikan pernyataan karena justru dari ucapan/pernyataan kita sendiri, kita bisa tergelincir/digelincirkan oleh orang lain. Parodoks yang paling sering saya jumpai adalah paradoks saat rapat atau musyawarah besar. Disana saya sering melihat orang yang pada akhirnya tak berkutik dengan serangan lawan bicaranya yang menggunakan cara paradoks ini atau bisa dikatakan pendapatnya terpatahkan oleh silawan bicara atau lebih kasarnya termakan oleh pernyataan sendiri.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  14. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Paradoks tukang cukur ini meruapakan salah satu bentuk paradoks dari Russels' Paradox yang sangat erat kaitannya dengan matematika yaitu teori himpunan oleh Georg Cantor. Paradox ini hanya salah satu dari sekian banyaknya contoh paradoks yang saya jumpai dari referensi lain. Beberapa paradoks ada yang tidak mencapai kesimpulan yang tepat dan tidak memiliki jawaban, ada pula yang memiliki jawaban, dan ada yang memiliki jawaban namun jawaban yang masih mengambang karna masih berasal dari perdebatan. contoh paradoks yang lainnya adalah paradoks Epimenides yang mengandung unsur kebohongan sekaligus kebenaran. Paradoks lainnya adalah paradoks yang saya namai sendiri sebagai paradoks "Back to past" agar bersifat lebih umum karena ada beberapa paradoks yang sama-sama menggunakan konsep masa lalu namun dengan konten yang berbeda misal Grandfather paradox dan paradoks pencuri emas. Keduanya sama-sama menggunakan konsep kembali kemasa lalu untuk melihat kembali kesesuaian realita dimasa depan.

    Sumber :
    https://id.wikipedia.org/wiki/Paradoks
    https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/arief-hany/5-paradox-ini-akan-membuat-kepala-kita-pusing-c1c2/full
    http://edscyclopedia.com/paradoks-tukang-cukur/

    ReplyDelete
  15. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Yang perlu dan harus dipahami bersama adalah paradoks tidak sekedar hanya menguji nalar kita tetapi ada paradoks yang justru ingin menguji KEYAKINAN kita. Inilah paradoks yang paling berbahaya dan dapat menggelincirkan kita ke jurang kesesatan. Paradoks ini biasa digunakan para atheis untuk menentang para penganut keyakinan agama. Paradoks ini dinamai OMNIPOTENCE PARADOX berisi "Jika Tuhan Maha Kuasa, sanggupkah Tuhan Menciptakan batu besar dan berat hingga Tuhan sendiri tidak mampu mengangkatnya" Karena Tuhan Maha Kuasa berarti Tuhan mampu menciptakan segalanya termasuk batu besar tersebut. Namun karena terciptanya batu besar tersebut, premis Tuhan Yang Maha Kuasa justru terbantahkan karena menunjukkan ada sesuatu yang tidak bisa dilakukan Tuhan yaitu mengangkat batu besar yang berat tersebut.

    Adanya paradoks ini menuntut untuk pentingnya tidak sekedar memiliki nalar kuat tapi juga harus berKEYAKINAN kuat. Inilah pentingnya untuk menjadikan hati sebagai komando dalam menuntut dan mendalami ilmu.

    Sumber :
    https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/arief-hany/5-paradox-ini-akan-membuat-kepala-kita-pusing-c1c2/full
    https://adn03blog.wordpress.com/2017/12/02/kumpulan-paradox-yang-akan-membuat-otak-kamu-meledak/

    ReplyDelete
  16. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dalam hidup akan selalu ada paradoks, sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran. Seperti halnya dalam meraih sesuatu, manusia terkadang melakukan segala cara yang bertentangan dengan norma untuk meraih sesuatu yang diinginkannya. Hal tersebut menjadikan seseorang itu menjadi bukan dirinya. Aku tidak sama dengan aku. Maka berlindunglah dan memohon ampunan kepada Allah agar senantiasa dijauhkan dari sifat iri, dengki, sombong, dan sifat buruk lainnya. Marilah senantiasa berikhtiar untuk menjadi insan yang lebih baik agar mampu terhindar dari sifat-sifat syaitan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dita Aldila Krisma
      18709251012
      PPs Pendidikan Matematika A 2018

      Menanggapi komentar dari Sdri. Yuntaman, bahwa kita senantiasa memohon perlindungan Allah swt agar terhindar dari rasa sombong. Saya mengambil contoh paraodks : Semakin meninggikan diri semakin direndahkan. Paradoks ini mengingatkan kita untuk tetap rendah hati. Tidak perlu bersusah payah meninggikan diri.

      Delete
  17. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Paradoks menggambarkan suatu kontradiksi dalam diri setiap manusia ataupun semua yang ada di dunia. Terdapat tesis dan antithesis yang sekaligus melekat dalam suatu materi. Selalu berdoa agar kontradiksi dalam diri tidak menimbulkan berbagai perkara yang mengarah pada unsur negative.

    ReplyDelete
  18. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Paradoks adalah suatu situasi yang timbul dari sejumlah apa yang diaggap benar sebagai landasan kesimpulan kemudian; dasar pemikiran; alasan; (2) asumsi; (3) kalimat atau proporsi yang dijadikan dasar penarikan kesimpulan di logika) yang diakui kebenarannya yang bertolak dari suatu pernytaan dan akan tiba pada sekelompok pernyataan yang menuju ke sebuah kontardiksi atau ke sebuah situasi yang berlawanan dengan intuiasi. Mungkin dalam kehidupan sehari-hari yang harus kita perhatikan dengan adanya paradoks ini adalah berhati-hati dalam ucapan. Jangan sampai ucapak kita yang kita ucapakan sekarang kontradiksi dengan ucapak sebelumnya.

    ReplyDelete
  19. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Paradoks memang terlihat sangat membingungkan karena sesungguhnya paradoks adalah suatu pernyataan yang tidak memiliki jawaban kebenaran tetapi juga bukan merupakan suatu kesalahan. Paradoks biasa digunakan untuk menguji suatu atau menunjukkan kegagalan dalam analisis konsep yang telah diungkapkan sebelumnya dari suatu teori tertentu. Salah satu paradoks yang terkenal salah satunya dalah paradoks tukang cukur yang digunakan Russel untuk membantah Frege tentang hukum dasar V
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  20. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, salah satu paradoks yang terkenal adalah paradoks tukang cukur. Russel berusaha membantah hukum dasar V yang dikemukakan oleh Frege. Menurut Russel, konsep "himpunan semua hal yang tidak di ekstensi mereka sendiri", sedangkan hukum dasar V tidak mengatakan demikian atau "semua konsep kecuali untuk ...".
    Melalui paradoks tersebut, Russel berhasil menunjukkan kegagalan dalam analisis konsep Frege. Hal ini ditandai dengan paradoksnya yang tidak bisa dipecahkah sehingga logika tidak independen dan membutuhkan bantuan dari tingkat yang lebih rendah. Hal ini membawa masalah bagi Frege karena salah satu motivasi Frege dalam mengembangkan logisisme adalah bahwa tidak ada teori yang memadai.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  21. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Menurut wikipedia, paradoks adalah sebuah pernyataan yang betul atau sekelompok pernyataan yang menuju kesebuah kontradiksi atau kesebuah situasi yang berlawanan dengan intuisi. Intuisi disini bisa diartikan sebagai pengalaman atau perkiraan. Seperti sebuah pernyataan “aku jujur bahwa aku berbohong” lantas sebenarnya apakah aku jujur atau berbohong? Jika dikatakan jujur padahal aku sendiri mengatakan bahwa aku berbohong, namun jika dikatakan berbohong padahal aku sendiri telah jujur bahwa aku berbohong. Atau sebuah pertanyaan “apakah Tuhan mampu membuat sebuah batu yang sangat besar hingga Tuhan sendiri tidak mampu mengangangkatnya?” pertanyan tersebut merupakan sebuah kontradiksi karena mana mungkin Tuhan tidak mampu membuat batu, namun jika Tuhan mampu membuat batu yang sangat besar berarti Tuhan tidak mampu mengangkatnya, padahal kita tau bahwa Tuhan pasti bisa mengangkatnya. Begitulah seterusnya hingga kita tidak mampu memikirkannya karena hal tersebut berada dalam jangkauan logika Tuhan dan logika kita jauh berada diluar logika Tuhan. Sebuah paradoks bisa bernilai benar atau salah bergantung dari argumen-argumen kita sebagai pembenarnya. Jika argumen tersebut mampu dibuktikan maka akan bernilai benar dan begitupun sebaliknya. Sebenarnya, paradoks adalah permainan logika penuh dengan teka-teki yang menuntut para pemikir untuk berpikir lebih keras dan lebih kritis lagi.

    ReplyDelete
  22. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Paradoks bermakna sebagai pernyataan yang seolah-olah bertentangan dengan pendapat umum ataupun kebenaran tetapi kenyataannya mengandung kebenaran (KBBI). Sehingga dari tulisan ini saya dapat menyimpulkan bahwa paradoks adalah suatu tahapan yang membingungkan namun menjadi suatu cara yang bermakna dalam mengetahui kebenaran. Artinya, ketika terdapat suatu pernyataan yang bertentangan, maka respon yang diberikan adalah berpikir dan menyelami makna yang ada didalamnya. Jika diimplikasikan dalam kehidupan, terkadang manusia dihadapkan pada hal-hal yang mungkin bertentangan dengan apa yang diyakini, namun dari pertentangan tersebut manusia dapat melihat kebenaran yang mereka yakini dan semakin yakin dengan kebenaran yang ada didalam diri manusia.

    ReplyDelete
  23. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Secara sederhana, paradoks dapat dimaknai sebagai kondisi dimana sesuatu yang sama memiliki nilai kebenaran yang berbeda, sesuatu yang benar sekaligus salah. Paradoks Russell menunjukkan bahwa terdapat inkonsistensi didalam teori himpunan, tidak selamanya matematika ada inkonsistensi, ada ketidakpastian didalam matematika.

    ReplyDelete
  24. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Elegi diatas membahas tentang paradoks. Paradoks merupakan lawan atau pertentangan. Pertentangan dalam elegi tersebut ditunjukkan dari Alfa dan bukan Alfa. Sesungguhnya hidup ini penuh dengan paradoks yang disajikan dalam bentuk pilihan pilihan. Baik yang baik maupun buruk (bertentangan dengan hati nurani). Disitulah diperlukan berpikir mendalam agar tidak terjebak pada paradox dan mitos diri. Diperlukan berfikirdengan hati nurani agar tidak terjebak dalam suatu pertentangan dalam diri.

    ReplyDelete
  25. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Tanpa disadari atau tidak, hidup itu penuh kontradiksi. Di suatu waktu kita bisa menjadi sesuatu yang bukan diri kita. Kita merencanakan A namun nyatanya B. Kita menginginkan A namun nyatanya B. Kita pagi berkata A ternyata sorenya B karena suatu keadaan yang mendesak. Sungguh, semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita. Aamiin. Tapi alangkah lebih baiknya jika setiap waktu kita menjadi diri kita sendiri. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  26. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Paradoks merupakan hal yang bersifat tidak sama dengan pada umumnya, tetapi hal tersebut mengandung sebuah makna kebenaran yang tersembunyi. Jadi, terkadang kita bisa menjadi diri kita sendiri dan kita juga bisa merasa seperti bukan diri kita sendiri, kita berada pada ruang dan waktu yang tidak sesuai.

    ReplyDelete
  27. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Paradoks merupakan suatu pernyataan yang tidak sesuai dengan pendapat umum dan seolah-olah bertentangan padahal mengandung nilai kebenaran. Ketidaksesuaian ini karena pada satu sisi pernyataan ini bernilai benar, namun pada sisi lain aalah salah. Dari rumah paradok diatas dapat dipahami sebagai karakter seseorang yang ditunjukan pada orang lain tidak sama dengan karakter sebenarnya. setiap orang memiliki kontradiksi didalam dirinya sendiri. Wallahu A’lam.

    ReplyDelete
  28. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Paradoks Russel merupakan paradoks teori himpunan. Betrand Russel merupakan salah satu ahli filsafat yang paradoksnya terkenal. Dimana terdapat R adalah himpunan yang berisikan semua himpunan yang tidak memuat dirinya sendiri sebagai anggota. Terjadi kontradiksi, sehingga dikatakan himpunan R tidak konsisten. Himpunan R tersebut lah yang dikenal sebagai paradoks Russell.

    ReplyDelete
  29. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Paradoks merupakan opini atau argumen yang bersilangan dengan apa yang dianggap secara umum oleh orang-orang. Bagi orang awam paradoks adalah kalimat yang membingungkan sebab disatu sisi salah namun di sisi lainnya benar adanya. Dalam matematika, paradoks Russell timbul erat kaitanya antara suatu himpunan yang berisikan semua himpunan yang tidak memuat dirinya sendiri sebagai anggota.

    ReplyDelete
  30. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Alfa yang tinggal di rumah paradoks adalah bukan Alfa, sedang Alfa adalah Alfa yang tinggal di rumah paradoks, maka Alfa bukanlah Alfa. Paradoks memetakan berbagai untuk tidak menjadi dirinya sendiri, menempatkannya sebagai bukan dirinya. Paradoks mengajarkan saya untuk selalu berpikir antisipatif, memikirkan rencana lain, apabila rencana awal tidak berhasil dilakssanakan, dan juga mengajarkan bahwa yang ada bisa jadi tidak ada, dan yang tidak ada bisa jadi ada, serta yang iya bisa jadi yang bukan, dan yang bukan bisa jadi yang iya. Sesungguhnya Allah mengetahui mana yang terbaik untukmu, walau menurutmu bukan, padahal itu yang terbaik.

    ReplyDelete
  31. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Menurut KBBI, Paradoks adalah sebuah pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Dalam matematika paradoks ialah kontradiksi. Dengan adanya kontradiksi dalam kehidupan manusia, maka manusia dapat berproses mencari dan mendapatkan sintesis dalam kehidupannya sehingga manusia dapat mengenal dirinya sendiri. Selain itu, dengan adanya paradoks mengajarkan kita untuk senantiasa hati-hati dalam berucap/memberikan pernyataan karena justru dari ucapan/pernyataan kita sendiri, kita bisa tergelincir/digelincirkan oleh orang lain.

    ReplyDelete
  32. Hajra Yansa
    19701251012
    S2 PEP A 2019

    Paradoks merupakan satu situasi yang timbul dari sejumlah premis (apa yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan kemudian; dasar pemikiran. Paradoks diakui kebenaranna yang berbertentangan dengan intuisi yang bertolak dari suatu pernyataan dan akan tiba pada sekelompok pernyataan yang menuju ke sebuah kontradiksi atau ke sebuah situasi yang berlawanan dengan intuisi.
    Paradoks aku yang sebenarnya bukanlah aku, bayanganku yang terlihat di depan cermin bukanlah aku, yang memiliki tubuh dan bisa diindra. Tapi sebenarnya jauh ke dalam ada sesuatu yang membuat tubuh itu bernama si A, dan bergerak. Si A yang merasakan sakit saat terbentur bukanlah bayangan yang ada di dalam cermin. Tapi sesuatu yang ada di dalam tubuh itu.

    ReplyDelete
  33. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih Bapak atas Elegi Menggapai Rumah Paradoks yang telah Bapak share kepada kami. Elegi ini sangatlah bermanfaat untuk dibaca dan sebagai penambahan ilmu pengetahuan untuk saya.
    Menurut saya, Paradoks merupakan suatu kontradiksi, pernyataan yang seolah-olah bertentangan dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi pada kenyataannya mengandung kebenaran. Rumah paradoks adalah rumah bertentangan.Ketika kalimat berbunyi sebenarnya engkau penghuni rumahku dan bukan penghuni rumahku. Sehingga Alfa dapat menjadi penghuni rumah tersebut ataupun bukan penghuni rumah tersebut.

    ReplyDelete
  34. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C
    Paradoks sepertinya asik untuk diperbincangkan. Paradoks adalah suatu pernyataan yang seolah-olah bertentangan dengan kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran, dan tentunya memusingkan. Paradoks ada beberapa jenis. beberapa contoh tentang paradoks yang ada dalam kehidupan yaitu:
    Kemajuan di bidang teknologi membuat masyarakat mengalami kemunduran nilai sosial
    Keceriannya di dunia maya berbanding terbalik di dunia nyata. Kegigihannya mencapai mimpi membuat ia lupa akan sakit yang ia rasakan
    Umar mempunyai fisik sekuat baja, namun ia memiliki hati yang lembut
    Kesuksesannya dalam wirausaha tidak membuatnya sukses dalam percintaan

    ReplyDelete
  35. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Saya berusaha memahami arti dari kata paradoks itu sendiri. Cukup banyak ahli atau sumber yang menjelaskan arti dari kata paradoks. Namun, kesimpulan yang saya baca justru menimbulkan tanda tanya yang baru.
    Menurut saya, saat memahami paradoks diperlukan pandangan dari berbagai sudut. Jangan terburu-buru menyimpulkan sesuatu.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  36. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 PM D 2019

    Terima kasih prof untuk tulisan ini, Elegi tersebut mempunyai jalan cerita yang hampir sama dengan Elegi Menggapai Paradoks Tukang Cukur. Kisah tersebut penggambaran dari paradoks Russell. Rusell merupakan seorang matematikawan, filsuf, dan pendiri filsafat analitik. Misalkan kita mendefinisikan A adalah himpunan hewan berkaki empat, maka anggota-anggota A adalah kambing, sapi, kerbau, dan lain-lain. Pertanyaan sekarang apakah A anggota dari A? Ini hampir serupa dengan pertanyaan kita sebelumnya “Apakah si tukang cukur mencukur rambutnya sendiri?”. Himpunan A sendiri jelas bukan hewan berkaki empat, sehingga A bukan elemen A. Kita akan salalu mendapatkan kontradiksi pada setiap jawabannya. Itu berarti Himpunan A Inkonsistensi. Himpunan A tersebut dikenal sebgai paradoks Russell. Paradoks Russell hanya ingin menunjukkan bahwa terdapat inkonsistensi di dalam teori Himpunan, bahwa tidak selamanya matematika itu Pasti, namun terdapat Inkonsistensi, yaitu ada ketidakpastian di dalam Matematika.

    ReplyDelete