Sep 22, 2010

Elegi Perbincangan Bukan Benar dan Bukan Salah




Oleh Marsigit

Bukan benar dan bukan salah:
Kami-kami ini adalah bukan benar dan bukan salah. Kami bukan benar tetapi kami juga bukan salah. Selama ini memang kami merasa terpinggirkan oleh hak istimewa yang diperoleh benar dan salah. Tetapi tidak apalah, kami juga ingin selalu menjaga silaturahim diantara bukan benar dan bukan salah. Setelah saya identifikasi, ternyata cukup banyak juga anggotaku itu

Pertanyaan:
Wahai bukan benar dan bukan salah, aku adalah pertanyaan. Aneh pula jika ada orang mengatakan aku telah membuat pertanyaan yang benar atau pertanyaan yang salah. Padahal aku sekedar bertanya. Menurutku pertanyaanku itu tidaklah dapat dikatakan sebagai benar atau sebagai salah. Maka jelaslah kiranya bahwa aku termasuk satu diantara anggotamu. Maka aku juga ingin berpesan kepada para benar atau salah, janganlah engkau selalu berusaha mengajakku untuk menjadi anggotamu. Jangan pula engkau merasa risau dengan pertanyaan-pertanyaanku, karena pertanyaanku itu sesungguhnya bukanlah benar dan bukanlah salah.

Keadaan:
Wahai bukan benar dan bukan salah, aku adalah keadaan. Aneh pula jika ada orang mengatakan aku telah membuat keadaan yang benar atau keadaan yang salah. Padahal aku sekedar keadaan. Menurutku keadaanku itu tidaklah dapat dikatakan sebagai benar atau sebagai salah. Maka jelaslah kiranya bahwa aku termasuk satu diantara anggotamu. Maka aku juga ingin berpesan kepada para benar atau salah, janganlah engkau selalu berusaha mengajakku untuk menjadi anggotamu. Jangan pula engkau merasa risau dengan keadaan-keadaanku, karena keadaanku itu sesungguhnya bukanlah tentang keadaanbenar dan bukanlah tentang keadaan salah.

Waktu:
Wahai bukan benar dan bukan salah, aku adalah waktu. Aneh pula jika ada orang mengatakan aku telah membuat waktu yang benar atau waktu yang salah. Padahal aku sekedar waktu. Menurutku waktuku itu tidaklah dapat dikatakan sebagai benar atau sebagai salah. Maka jelaslah kiranya bahwa aku termasuk satu diantara bukan benar dan bukan salah. Maka aku juga ingin berpesan kepada para benar atau salah, janganlah engkau selalu berusaha mengajakku untuk menjadi anggotamu. Jangan pula engkau merasa risau dengan waktu-waktuku, karena waktuku itu sesungguhnya bukanlah tentang waktu benar dan bukanlah tentang waktu salah.

Ruang:
Wahai bukan benar dan bukan salah, aku adalah ruang. Aneh pula jika ada orang mengatakan aku telah membuat ruang yang benar atau ruang yang salah. Padahal aku sekedar ruang. Menurutku ruangku itu tidaklah dapat dikatakan sebagai benar atau sebagai salah. Maka jelaslah kiranya bahwa aku termasuk satu diantara bukan benar dan bukan salah. Maka aku juga ingin berpesan kepada para benar atau salah, janganlah engkau selalu berusaha mengajakku untuk menjadi anggotamu. Jangan pula engkau merasa risau dengan ruang-ruangku, karena ruangku itu sesungguhnya bukanlah tentang ruang benar dan bukanlah tentang ruang salah.

Persepsi:
Wahai bukan benar dan bukan salah, aku adalah persepsi. Aneh pula jika ada orang mengatakan aku telah membuat persepsi yang benar atau persepsi yang salah. Padahal aku sekedar persepsi. Menurutku persepsiku itu tidaklah dapat dikatakan sebagai benar atau sebagai salah. Maka jelaslah kiranya bahwa aku termasuk satu diantara bukan benar dan bukan salah. Maka aku juga ingin berpesan kepada para benar atau salah, janganlah engkau selalu berusaha mengajakku untuk menjadi anggotamu. Jangan pula engkau merasa risau dengan persepsi-persepsiku, karena persepsiku itu sesungguhnya bukanlah tentang persepsi benar dan bukanlah tentang persepsi salah.

Logika:
Wahai bukan benar dan bukan salah, aku adalah logika. Aneh pula jika ada orang mengatakan aku telah membuat logika yang benar atau logika yang salah. Padahal aku sekedar logika. Menurutku logika itu tidaklah dapat dikatakan sebagai benar atau sebagai salah. Maka jelaslah kiranya bahwa aku termasuk satu diantara bukan benar dan bukan salah. Maka aku juga ingin berpesan kepada para benar atau salah, janganlah engkau selalu berusaha mengajakku untuk menjadi anggotamu. Jangan pula engkau merasa risau dengan logika-logikaku, karena logika itu sesungguhnya bukanlah tentang logika benar dan bukanlah tentang logika salah.

Benar:
Wahai bukan benar dan bukan salah, aku adalah benar. Aneh pula jika ada orang mengatakan aku telah membuat benar yang benar atau benar yang salah. Padahal aku sekedar benar. Menurutku benar itu tidaklah dapat dikatakan sebagai benar atau sebagai salah. Maka jelaslah kiranya bahwa aku termasuk satu diantara bukan benar dan bukan salah. Maka aku juga ingin berpesan kepada para benar atau salah, janganlah engkau selalu berusaha mengajakku untuk menjadi anggotamu. Jangan pula engkau merasa risau dengan benar-benar, karena benar itu sesungguhnya bukanlah tentang benar benar dan bukanlah tentang benar salah.

Salah:
Wahai bukan benar dan bukan salah, aku adalah salah. Aneh pula jika ada orang mengatakan aku telah membuat salah yang benar atau benar yang salah. Padahal aku sekedar salah. Menurutku salah itu tidaklah dapat dikatakan sebagai benar atau sebagai salah. Maka jelaslah kiranya bahwa aku termasuk satu diantara bukan benar dan bukan salah. Maka aku juga ingin berpesan kepada para benar atau salah, janganlah engkau selalu berusaha mengajakku untuk menjadi anggotamu. Jangan pula engkau merasa risau dengan salah-salah, karena salah itu sesungguhnya bukanlah tentang salah benar dan bukanlah tentang salah salah.

Bukan benar:
Wahai bukan benar dan bukan salah, aku adalah bukan benar. Aneh pula jika ada orang mengatakan aku telah membuat bukan benar yang benar atau bukan benar yang salah. Padahal aku sekedar bukan benar. Menurutku bukan benar itu tidaklah dapat dikatakan sebagai benar atau sebagai salah. Maka jelaslah kiranya bahwa aku termasuk satu diantara bukan benar dan bukan salah. Maka aku juga ingin berpesan kepada para benar atau salah, janganlah engkau selalu berusaha mengajakku untuk menjadi anggotamu. Jangan pula engkau merasa risau dengan bukan benar-bukan benar, karena bukan benar itu sesungguhnya bukanlah tentang bukan benar benar dan bukanlah tentang bukan benar salah.

Bukan salah:
Wahai bukan benar dan bukan salah, aku adalah bukan salah. Aneh pula jika ada orang mengatakan aku telah membuat bukan salah yang benar atau bukan salah yang salah. Padahal aku sekedar bukan salah. Menurutku bukan salah itu tidaklah dapat dikatakan sebagai benar atau sebagai salah. Maka jelaslah kiranya bahwa aku termasuk satu diantara bukan benar dan bukan salah. Maka aku juga ingin berpesan kepada para benar atau salah, janganlah engkau selalu berusaha mengajakku untuk menjadi anggotamu. Jangan pula engkau merasa risau dengan bukan salah-bukan salah, karena bukan salah itu sesungguhnya bukanlah tentang bukan salah benar dan bukanlah tentang bukan salah salah.

Benar dan salah protes:
Wahai semuanya, sungguh lihai engkau mengelabuiku. Bagiku tiadalah ada di dunia ini yang tidak termasuk ke dalam benar atau salah. Aku tidak mempercayaimu. Ketidakpercayaanku terhadap dirimu, itu adalah pertanda bahwa engkau itu tidak benar. Wahai bukan benar dan bukan salah, kendalikanlah anggota-anggotamu itu, supaya tidak melampaui batas. Tetapi aku juga sedikit ragu apakah protesku ini benar atau salah?

Orang tua berambut putih:
Nantikan elegi berikutnya, mungkin akan ada jawaban dari para logos.

10 comments:

  1. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Bukan benar dan bukan salah, artinya suatu pernyataan yang tidak bernilai benar maupun tidak bernilai salah. Sebenarnya ada banyak hal yang tidak memiliki nilai, artinya sesuatu tersebut adalah netral tidak dapat dikatakan benar atau salah. Dapat dikatakan benar atau salah apabila sudah bersinggungan dengan hal lainnya dalam ruang dan waktu. Seperti halnya keadaan saja tidak serta merta disertai keadaan benar atau keadaan salah, hal itu akan terjadi apabila manusia sudah memandang keadaan tersebut dalam situasi yang berbeda. Suatu keadaan gelap akan benar adanya apabila dalam situasi kuliah yang menggunakan proyektor. Sedangkan keadaan gelap akan salah apabila dalam situasi kita sedang membaca, menulis, berjalan dan sebagainya. Itulah mengapa sebenarnya nilai benar atau salah yang dipahami manusia relatif terhadap ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  2. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam kehidupan di dunia ini, ada kalanya sesuatu itu tidak bisa dianggap mutlak benar maupun mutlak salah. Nilainya di antara benar dan salah dan tidak keduanya. Itulah bukan benar dan bukan salah. Semua yang ada bukan benar dan bukan salah, sedangkan semua yang mungkin ada bukan benar dan bukan salah.

    ReplyDelete
  3. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Segala sesuatunya tidak dipandang sepenuhnya bukan benar dan bukan salah. Bukan benar maupun bukan salah relatif terhadap ruang dan waktu. Kebenaran absolut hanyalah milik Alloh SWT. Kebenaran berawal dari suatu pembelajaran kesalahan. Demikianlah Alloh menciptakan separoh dunia dan separoh dunia yang lain. Hidup dengan segala kontradiksinya, agar seimbang dan lengkap dengan satu dunia.

    ReplyDelete
  4. Syahlan romadon
    PM C 2016/ 16709251047

    Benar dan salah relatif dengan ruang dan waktu. Benar menurut saya belum tentu benar juga menurut orang lain dan salah menurut saya belum tentu salah juga menurut orang lain. Semua tergantung konteksnya. Sehingga benar dan salah adalah relatif tergantung bagaimana kita berpikir dan mengambil sudut pandang.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Bukan benar berarti salah, bukan salah berarti benar. Benar dan Salah adalah hal yang bisa dianggap relatif tergantung pada ruang waktu dan dimensinya. Benar salah yang bernilai absolut ada pada ketentuan Allah SWT.

    ReplyDelete
  6. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Bukan salah bukan berati benar. Bukan salah ketika tidak sesuai dengan yang salah, tetapi bukan juga dikatakan benar.
    Beda artinya ketika kita mengetahui itu tidak sesuai dengan salah dengan mengatakan itu bukan salah, dibandingkan mengatakan itu benar.
    Bukan salah artinya tidak sesuai dengan yang salah tetapi bukan juga benar atau melenceng dari salah.

    ReplyDelete
  7. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    banyak hal yang menbuat sesuatu itu bukan benar dan bukan salah. ruang, waktu, persepsi,logika dan keadaan. semuanya jika dicermati lebih baik tentu memiliki andilnya masing-masing. pembenaran untuk sesuatu dikatan bukan salah dan bukan benar juga tergantung pada sudut pandang kita dalam memahaminya.

    ReplyDelete
  8. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Sesungguhnya dalam kehidupan dunia ini benar dan salah itu bersifat relatif, karena sebenar-benarnya hidup adalah bersifat relatif terhadap ruang dan waktu. Ada kalanya yang bukan benar tidak berarti salah. Yang bukan salah juga tidak berarti benar. Contoh hal yang bukan benar dan bukan salah antara lain waktu, ruang, persepsi, logika, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  9. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    saya memahami bahwa benar dan salah pada manusia selalu kontradiksi, karena manusia melihat suatu persoalan dengan sudut pandang yang berbeda - beda benar bagi orang tertentu, belum tentu benar bagi yang lainya dan sebaliknya salah bagi sebagian orang belum tentu salah bagi yang lainya. Oleh karena itu manusia masih bersifat relatif, sebaiknya manusia serahkan saja "benar dan salah" kepada Tuhan yang bersifat absolut. Jika manusia sudah kehilangan arah untuk menentukan "benar dan salah," akan lebih baik jika berhenti sejenak dan mohon petunjuk dari Tuhan yang bersifat absolute.

    ReplyDelete
  10. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu'alaikum. Benar dan salah itu relatif, sama seperti awal dan akhir pada elegi sebelumnya. Benar untuk satu orang belum tentu benar untuk orang lain. Apa yang mutlak benar bisa jadi malah salah, dan apa yang mutlek salah bisa jadi malah benar. Benar dan salah itu tergantung pada ruang dan waktunya.

    ReplyDelete