Sep 20, 2010

Elegi Menggapai Rumah Paradoks




Oleh Marsigit
(Diolah dari Paradoks Russell)

Rumah paradoks:
Aku adalah rumah paradoks. Penghuniku hanyalah orang-orang yang tidak sama dengan dirinya sendiri.

Alfa:
Wahai rumah paradoks, namaku adalah Alfa. Aku ingin bertanya. Apakah aku penghuni rumahmu atau bukan?

Rumah paradoks:
Engkau bisa menghuni rumahku bisa juga tidak menghuni rumahku.

Alfa:
Kapan aku menghuni rumahmu?

Rumah paradoks:
Jika engkau tidak sama dengan dirimu sendiri. Yaitu engkau tidak sama dengan Alfa.

Alfa:
Baik, aku sekarang akan menghuni rumahmu.

Rumah paradoks:
Apa yang engkau maksud dengan “aku”

Alfa:
Yang aku maksud dengan “aku” adalah diriku yaitu Alfa. Jadi aku adalah Alfa.

Rumah paradoks:
Karena engkau sama dengan Alfa maka engkau harus keluar, dan tidak boleh menghuni rumahku.

Alfa:
Bukankah aku telah menghuni rumahmu. Maka aku tidak sama dengan Alfa.

Rumah paradoks:
Baiklah karena engkau tidak sama dengan Alfa maka engkau boleh menghuni rumahku.

Alfa:
Bagaimana engkau ini, wahai rumah paradoks. Aku itu penghuni rumahmu atau bukan?

Rumah paradoks:
Sebenarnya engkau itu sekaligus penghuni rumahku dan bukan penghuni rumahku.

33 comments:

  1. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Contoh yang digambarkan dalam elegi ini memberikan pemahaman pada saya bahwa paradoks khususnya paradoks Russel tersusun dari pernyataan yang bertentangan atau kontradiktif. Dalam paradoks, suatu pernyataan pada permukaannya tampak tak masuk akal atau bahkan bertentangan dengan dirinya sendiri, tetapi sesungguhnya benar atau mungkin benar. Terjadinya suatu paradoks merupakan akibat dari penerapan secara salah hukum-hukum logika, pelanggaran terhadap hukum-hukum logika yang tidak dapat dinyatakan secara jelas (atau tidak terlihat jelas) dan tidak diterapkannya hukum-hukum logika pada situasi tertentu.

    ReplyDelete
  2. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Paradoks itu menjelaskan tentang segala sesuatu yang kontradiksi. Segala sesuatu di dunia ini adalah kontradiksi. Satu hal dapat dibuktikan sama dengan dirinya sekaligus berbeda dengan dirinya sendiri. Dan hal absolute hanyalah milik Alloh. Diri kita sendiri pun juga merupakan kontadiksi. Apalagi hati dan prinsip dan hati kita kerap kali berbalik. Saat ini kita berpendapat negative akan suatu hal, tak jarang beberapa hari, menit bahkan detik kemudian akan mendadak berpendapat posiitif. Demikian halnya sifat kita, kadang sulit menemukan jati diri kita yang sebenarnya karena manusia cepat berubah dan menyesuaikan.

    ReplyDelete
  3. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Paradoks ialah kontradiksi. Paradoks merupakan bagian dari separoh dunia. Ada sebab pasti ada akibat, demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu kenalilah jati diri karena dengan demikian kita juga akan mengenal serta memahami paradoks yang ada dalam diri kita.

    ReplyDelete
  4. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dari elegi ini, terlihat bahwa terjadi pertentangan, yang pada dasarnya tidak terdapat konsistensi antara satu pernyataan dengan lainnya. Atau lebih dikenal dengan istilah paradoks. Paradoks merupakan pernyataan yang tidak sesuai dengan pendapat umum dan seolah-olah bertentangan akan tetapi mengandung kebenaran.

    ReplyDelete
  5. Fatmawati
    16709251071
    S2 PM.D 2016
    Paradoks menurut pemahaman saya adalah kebalikan. Jika sesuatu diparadokskan maka yang diceritakan adalah kebalikan dari sesuatu tersebut. namun seperti yang dialami alfa, dia bersedia diparadokskan, tetapi dia tetap saja masih menjadi dirinya sendiri. Kemudian diakhir percakapan dikatakan bahwa sesungguhnya alfa adalah penghuni paradoks sekaligus bukan penghuni paradoks. Saya jadi teringat elemen invers. Bahwa setiap elemen dalam grup pasti mempunyai invers. Jika dipadupadankan dengan tema ini maka maksudnya adalah, dalam sesuatu pasti ada atau mempunyai kebalikan dari sesuatu itu sendiri. Jadi tidaklah benar jika kita menyombongkan diri pada suatu kelebihan, karena di sekitar kelebihan itu pasti ada kekurangannya. Dan bisa jadi paradoks yang mengkontradiksikan sesuatu dapat menjadi penguat bagi sesuatu tersebut.

    ReplyDelete
  6. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    segala sesuatu bisa dikatakan berada dalam satu definisi. hal ini dapat kita telusuri bahwa walaupun dalam kenyataannya hal itu berbeda, tapi pada hakikatnya hal itu sama. sebagai contoh, air itu panas, sedangkan air yang dingin itu juga bisa dikatakan panas, tapi memiliki suhu yang minus,. berarti hal yang dimaksud disini adalah air. yang mana air ini dapat dikatakan dingin dan dapat dikatakan panas.

    ReplyDelete
  7. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Pada elegi ini menceritakan paradoks kembali, dimana saya temui juga paradoks pada tukang cukur. pada elegi menggapai rumah paradoks ini terdapat perkataan Rumah paradoks pada kalimat terakhirbahwa Aku penghuni rumahmu karna aku bukan Alfa. Di sini saya mengartkan maksudnya aku bukan alfa dan aku tidak sama dengan alfa, karena jika dipahami secara umum 'aku' ada tiga huruf sedangkan 'alfa' ada empat huruf.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Aku dan bukan aku adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan. Dalam hidup selalu ada aku dan bukan aku.
    Aku dan bukan aku selalu ada bersama untuk melalui hari-hari dalam hidup ini. Seketika kita menjadi kita untuk waktu sesaat, dan sekaetika kita menjadi bukan kita untuk seketika waktu pula.
    Aku dan bukan aku saling melengkapi untuk menjadi aku yang seutuhnya.

    ReplyDelete
  9. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu'alaikum. Paradoks merupakan pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Paradoks juga bisa diartikan sebagai situasi yang timbul dari sejumlah premis yang diakui kebenarannya yang bertolak dari suatu penyataan dan akan tiba pada suatu konflik atau kontradiksi.

    ReplyDelete
  10. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Mungkin di antara kita pernah terpikir kenapa orang yang hidup dengan jujur menjadi lebih sulit kehidupannya dari mereka yang tidak jujur. Orang yang korupsi ternyata lebih kaya, dan kelihatannya mereka lebih bahagia. Atau pernahkah kita juga merasa bahwa kita yang sudah banyak melayani Tuhan tetapi koq dalam hidupku ini tetap saja berhadapan dengan masalah? Menurut logika kita, cara hidup yang ‘lurus’ akan berbuahkan kesejahteraan yang lebih baik, namun kenyataannya tidak demikian. Inilah paradoks kehidupan. hidup ini adalah paradoks. Antara yang baik dan jahat; antara sehat dan sakit; antara gembira dan sedih; antara bahagia dan susah. Biarlah di tengah paradoks kehidupan, kita tetap belajar berserah, bergumul bersama Tuhan. Belajar melakukan kehendak-Nya dengan tetap berbagi kasih kepada sesama. Berjuang untuk hidup ini tanpa menyerah. Hidup kita juga kita pakai menjadi berkat bagi sesama ketika kita dapat menginspirasi banyak orang. Hidup harus tetap dijalani sesulit apapun. Percayalah, Tuhan selalu ada bersama kita. Dia menguatkan dan meneguhkan kita untuk terus berjalan dalam ziarah hidup bersama-Nya.

    ReplyDelete
  11. Jeanete Nenabu
    15709251004
    PPS Pend. Matematika D


    Elegi ini mengajarkan kepada kita tentang kontradiksi. Kehidupan kita tidak lepas dari kontradiksi. Karena apa yang mungkin ada dalam pikiran kita dan apa yang ada dalam pikiran kita pun berkontradiksi. Apa yang mungkin ada bersifat tetap, tetapi yang ada itu berubah. dan karena semua hal dalam pikiran manusia relatif, maka kontradiksi itu pasti selalu ada.

    ReplyDelete
  12. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Paradoks adalah sebuah ketidaksesuaian atau kontradiksi antara keadaan yang terjadi dengan keadaan sebelumnya. Tidak ada yang sama di dunia ini, A≠A, aku tidak sama dengan aku. Jadi, diperlukan kesadaran bahwa sesuatu jangan dipandang hanya dari satu sisi saja namun suatu proses harus dipandang dari yang terjadi saat ini dan juga proses sebelumnya.

    ReplyDelete
  13. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Sangat sulit untuk mencerna paradox. Diperlukan ketelatenan dan pengulangan untuk memahaminya. Di dalam paradox terdapat jawaban yang salah. Namun di lain sisi terdapat yang benar pula. Jadi sesungguhnya terdapat kontradiksi di dalam paradox yang tak akan terpecahkan.

    ReplyDelete
  14. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    sebuah paradox bisa menjaidkan sesuatu itu benar namun bisa kontradiksi . yang semata-mata menyalahkan posisi kita. maka libatkan Allah SWT dalam setiap urusan kita agar saat menemui sebuah paradoks, akan memberikan kita langkah yang benar dalam mengambil setiap keputusannya.

    ReplyDelete
  15. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Dari elegi diatas dapat diambil pelajaran bahwa siapa yang ingin memasuki suatu perkumpulan maka dia harus menanggalkan identitasnya terlebih dahulu, sehingga dengan menanggalkan identitas tersebut maka semua orang akan sama pemikirannya, kalau diibaratkan dalam pembelajaran maka ini yang dimaksud apersepsi yakni dengan menyamakan pandangan. Kalau pandangan dalam titik awal sudah sama maka untuk mencapai tujuan akan mudah.

    ReplyDelete
  16. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bicara tentang paradox, saya teringat tentang paradox ruang dan waktu. Maksudnya jika saya melakukan hal ini pada suatu waktu, maka pada rumah parodoks saya tidak melakukan hal tersebut melakukan hal lain selain “hal ini” pada waktu itu. Jadi hal yang dilakukan pada rumah paradox bukan hal-hl yang bersifat kontradiksi saja namun hal-hal yang bukan juga. Jadi dalam menggapai paradox maka harus bepikir jernih tentang berbagai dimensi-dimensi ruang dan waktu yang lain.

    ReplyDelete
  17. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Alfa sama dengan dirinya sendiri saat dia merasa sebagai alfa. Sedangkan saat dia mendapati dirinya di dalam rumah paradoks berarti dia tidak sama dengan dirinya. Jadi di saat yang sama alfa menjadi sama dengan dirinya dan tidak sama dengan dirinya. Tergantung dilihat dari sudut pandang yang mana. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa hidup di dunia itu penuh dengan kontradiksi. Di dunia terdapat dua prinsip yaitu identitas dan kontradiksi. Prinsip identitas hanya ada di dalam pikiran kita, sedangkan ketika di luar pikiran kita yaitu di dunia nyata maka akan terikat oleh ruang dan waktu sehingga akan terjadi kontradiksi. Hal ini analog dengan kisah alfa yang masuk ke dalam rumah paradoks tersebut, alfa merupakan dirinya sendiri ketika dia memikirkannya, tetapi ketika dia masuk ke rumah paradoks ibarat di dunia nyata maka terjadilah sebuah kontradiksi.

    ReplyDelete
  18. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Paradoks erat kaitannya dengan logika atau penalaran. Logika atau nalar yang dimilki seseorang dapat menciptakan paradoks. Paradoks merupakan kontradiksi. Hal – hal yang dibenarkan sekaligus bertolak belakang terdapat dalam paradoks. Paradoks seakan – akan bertentangan namun bisa juga tidak bertentangan. Jadi dalam menjalani hidup tidak semata – mata memikirkan hal – hal yang bersifat ideal dan yang baik – baik saja tetapi harus juga memikirkan hal – hal yang bersifak kontradiksi.

    ReplyDelete
  19. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Menurut saya melalui artikel di atas, kenapa banyak orang yang tidak atau kurang menghargai orang lain. banyak orang yang menyepelekan orang lain dan menganggapknya ada ataupun tiada. sungguh sangat tidak baik hal tersebut.

    ReplyDelete
  20. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2


    Paradoks dalam hal ini dapat dikatakan sebagai suatu yang kontradiksi yang ada di dalam diri manusia. Sebagai contoh, seseorang mengaku sebagai seorang muslim tetapi dia tidak pernah sholat. Dapat dikatakan bahwa dia adalah seorang muslim paradoks. Mengapa? Karena seharusnya seorang muslim itu mempunyai kewajiban untuk sholat sebagai wujud ibadah, ketaatan, ketaqwaan, ketundukan pada Sang Penciptanya, Allah Swt. Namun, karena orang tersebut tidak sholat, maka dia tidak mencerminkan seorang muslim. Oleh karena ketidaksesuaian itu, maka ia ada pada kondisi paradoks.

    ReplyDelete
  21. Yuni Astuti
    14301241035
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Paradoks adalah suatu kontradiksi. Dari tulisan di atas, dapat kita kaitkan dengan kehidupan nyata ini yang misalnya saja terdapat benar-salah, baik-buruk, sebab-akibat, dan lain sebagainya. Contoh-contoh tersebut saling kontradiksi, namun saling berdampingan satu sama lainnya di dunia ini.

    ReplyDelete
  22. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ilustrasi dalam elegi ini menjelaskan bahwa paradoks merupakan segala sesuatu yang memiliki kontradiksi. Begitupun kehidupan, terkadang kehidupan akan berjalan dengan mudah, namun juga akan berjalan sulit. Tinggal bagaimana kita mampu memposisikan diri menjalani kehidupan yang hanya sementara ini.

    ReplyDelete
  23. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam elegi menggapai rumah paradox tersebut mengilustrasikan bahwa adanya kontradiksi di dalam kehidupan ini. Walau terkadang kontradiksi sulit dipahami, kontradiksi selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari.

    ReplyDelete
  24. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    antara ada dan antara tiada, antara benar dan alah, antara iya dan tidak. itu semua adalah kontradiksi. kontradiksi yang penting untuk dipelajari dan dimaklumi serta diterima dengan lapang dada.selalu ada hikmah atas semua yang terjadi.

    ReplyDelete
  25. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Paradoks yang dijabarkan oleh Russel sebenarnya adalah pernyataan yang berisi kontradiksi. Kontradiksi yang sebenarnya dimiliki oleh setiap subjek, namun setiap objek tersebut tidak menyadari adanya kontradiksi dalam dirinya.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  26. Desinta Armiani
    14301241041
    S1 Pen Matematika A 2014

    Paradoks adalah pernyataan bertentangan bisa dipandang benar tetapi salah, bisa juga dipandang salah tetapi benar. Opini yang disampaikan betentangan dengan yang diterima atau bersifat kontradiktif. Maka lebih baik kenalilah diri sendiri terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  27. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Setelah membaca elegi ini, saya langsung mencari arti kata dari paradoks. Pengertian paradoks di KBBI adalah pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Terkadang dalam kehidupan kita pernah mengalami situasi paradoks. Contohnya kesepian di tengah keramaian. Kita mungkin pernah menghadiri suatu undangan, namun kita merasa kesepian/asing di tengah-tengah keramaian tersebut.

    ReplyDelete
  28. Mutiara Khalida (NIM 13301241054)
    Kelas Filsafat Pendidikan Matematika 2013

    Paradoks merupakan suatu kontradiksi. Menurut saya paradoks bisa terjadi dalam hidup karena pola pikir. Bagaimana seseorang memandang sesuatu atau bagaimana orang merasakan sesuatu.

    ReplyDelete
  29. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Paradoks sebaiknya dilihat jangan hanya tekstual saja, namun juga secara kontekstualnya. Alasannya ialah karena paradoks merupakan suatu penyataan tidak sesuai dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Dengan melihat paradoks secara tekstual dan kontekstual, maka paduan antara keduanya bisa memberikan pemahaman yang utuh untuk menghindari penyakit merasa paling tau dan hobi menyalahkan orang.

    ReplyDelete
  30. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Aku bisa menjadi aku dalam hal yang berbeda, tidak menjadi diri sendiri. Aku memakai topeng karena itulah dapat aku tampakkan diriku dalam hal yang berbeda, yang bersifat manipulatif. Hal tersebut merupakan suatu paradoks. Maka paradoks merupakan pernyataan yang tidak sesuai dengan pendapat umum dan seolah-olah bertentangan (berlawanan) akan tetapi mengandung kebenaran.

    ReplyDelete
  31. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Paradoks berarti ketidaksesuaian atau bertentangan. Pada elegi ini menyatakan bahwa alpha adalah alpha namum alpha bukan alpha. Paradoks berarti sesuatu dibuat dengan kontradiksi. Elegi ini merupakan gambaran dari paradoks Russell. Russell merupakan seorang matematikawan, filsuf dan pendiri filsafat analitik.

    ReplyDelete
  32. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Paradoks merupakan keadaan dimana dirimu tidak sama dengan dirimu sendiri. Dengan demikian paradoks mengandung kontradiksi, diri kita juga merupakan hasil dari kontradiksi. Ilmu yang kita punyai juga berasal dari kontradiksi. Kontradiksi sering terjadi pada hati dan pikiran manusia yang tidak sejalan, hati berkata apa dan berbeda dengan apa yang dilakukan. Maka terkadang kita juga kebingungan dengan diri kita sendiri karena pilihan dan keputusan yang kita ambil kadang tidak sesuai dengan apa yang ada di hati kita.

    ReplyDelete
  33. Paradoks terjadi jika terjadi keadaan bahwa dirinya juga sekaligus bukan dirinya atau dalam elegi tersebut paradoks terjadi ketika aku adalah penghuni dan bukan penghuni rumah. Banyak paradoks yang terjadi dalam kehidupan ini misalnya orang yang menyeru untuk tidak korupsi dan juga melakukan korupsi, orang yang menyeru untuk berbuat kebenaran atau kebaikan tetapi melakukan kejahatan atau maksiat.

    ReplyDelete