Sep 20, 2010

Elegi Menggapai Rumah Paradoks




Oleh Marsigit
(Diolah dari Paradoks Russell)

Rumah paradoks:
Aku adalah rumah paradoks. Penghuniku hanyalah orang-orang yang tidak sama dengan dirinya sendiri.

Alfa:
Wahai rumah paradoks, namaku adalah Alfa. Aku ingin bertanya. Apakah aku penghuni rumahmu atau bukan?

Rumah paradoks:
Engkau bisa menghuni rumahku bisa juga tidak menghuni rumahku.

Alfa:
Kapan aku menghuni rumahmu?

Rumah paradoks:
Jika engkau tidak sama dengan dirimu sendiri. Yaitu engkau tidak sama dengan Alfa.

Alfa:
Baik, aku sekarang akan menghuni rumahmu.

Rumah paradoks:
Apa yang engkau maksud dengan “aku”

Alfa:
Yang aku maksud dengan “aku” adalah diriku yaitu Alfa. Jadi aku adalah Alfa.

Rumah paradoks:
Karena engkau sama dengan Alfa maka engkau harus keluar, dan tidak boleh menghuni rumahku.

Alfa:
Bukankah aku telah menghuni rumahmu. Maka aku tidak sama dengan Alfa.

Rumah paradoks:
Baiklah karena engkau tidak sama dengan Alfa maka engkau boleh menghuni rumahku.

Alfa:
Bagaimana engkau ini, wahai rumah paradoks. Aku itu penghuni rumahmu atau bukan?

Rumah paradoks:
Sebenarnya engkau itu sekaligus penghuni rumahku dan bukan penghuni rumahku.

38 comments:

  1. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Setelah membaca elegi ini, saya langsung mencari arti kata dari paradoks. Pengertian paradoks di KBBI adalah pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Terkadang dalam kehidupan kita pernah mengalami situasi paradoks. Contohnya kesepian di tengah keramaian. Kita mungkin pernah menghadiri suatu undangan, namun kita merasa kesepian/asing di tengah-tengah keramaian tersebut.

    ReplyDelete
  2. Mutiara Khalida (NIM 13301241054)
    Kelas Filsafat Pendidikan Matematika 2013

    Paradoks merupakan suatu kontradiksi. Menurut saya paradoks bisa terjadi dalam hidup karena pola pikir. Bagaimana seseorang memandang sesuatu atau bagaimana orang merasakan sesuatu.

    ReplyDelete
  3. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Paradoks sebaiknya dilihat jangan hanya tekstual saja, namun juga secara kontekstualnya. Alasannya ialah karena paradoks merupakan suatu penyataan tidak sesuai dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Dengan melihat paradoks secara tekstual dan kontekstual, maka paduan antara keduanya bisa memberikan pemahaman yang utuh untuk menghindari penyakit merasa paling tau dan hobi menyalahkan orang.

    ReplyDelete
  4. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Aku bisa menjadi aku dalam hal yang berbeda, tidak menjadi diri sendiri. Aku memakai topeng karena itulah dapat aku tampakkan diriku dalam hal yang berbeda, yang bersifat manipulatif. Hal tersebut merupakan suatu paradoks. Maka paradoks merupakan pernyataan yang tidak sesuai dengan pendapat umum dan seolah-olah bertentangan (berlawanan) akan tetapi mengandung kebenaran.

    ReplyDelete
  5. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Paradoks berarti ketidaksesuaian atau bertentangan. Pada elegi ini menyatakan bahwa alpha adalah alpha namum alpha bukan alpha. Paradoks berarti sesuatu dibuat dengan kontradiksi. Elegi ini merupakan gambaran dari paradoks Russell. Russell merupakan seorang matematikawan, filsuf dan pendiri filsafat analitik.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Paradoks merupakan keadaan dimana dirimu tidak sama dengan dirimu sendiri. Dengan demikian paradoks mengandung kontradiksi, diri kita juga merupakan hasil dari kontradiksi. Ilmu yang kita punyai juga berasal dari kontradiksi. Kontradiksi sering terjadi pada hati dan pikiran manusia yang tidak sejalan, hati berkata apa dan berbeda dengan apa yang dilakukan. Maka terkadang kita juga kebingungan dengan diri kita sendiri karena pilihan dan keputusan yang kita ambil kadang tidak sesuai dengan apa yang ada di hati kita.

    ReplyDelete
  7. Paradoks terjadi jika terjadi keadaan bahwa dirinya juga sekaligus bukan dirinya atau dalam elegi tersebut paradoks terjadi ketika aku adalah penghuni dan bukan penghuni rumah. Banyak paradoks yang terjadi dalam kehidupan ini misalnya orang yang menyeru untuk tidak korupsi dan juga melakukan korupsi, orang yang menyeru untuk berbuat kebenaran atau kebaikan tetapi melakukan kejahatan atau maksiat.

    ReplyDelete
  8. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Paradoks merupakan pernyataan yang menjelaskan situasi yang kontradiktif sehingga menafikkan logika awal yang dibangun diawal pernyataan itu sendiri. Bagi sebagian orang sebenarnya hidup didalam paradoks, hanya saja mereka bisa menyadari paradoks tersebut atau bisa juga tidak menyadarinya sama sekali. Penyadaran tersebut merupakan penyadaran yang seharusnya tidak dipandang dari satu sisi saja yaitu suatu proses terjadi saat ini tapi juga proses sebelumnya.

    ReplyDelete
  9. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari elegi diata yang saya pahami, rumah paradoks adalah dimana seseorang tidak sama dengan dirinya. Dimana kadang kala memang manusia mengalami kontardiksi dalam dirinya. Dan kontradiksi itu niscaya. Namun ia bisa jadi sesuai dengan dirinya ketika ia berpegang teguh pada Allah Ta’ala, ketika ia bisa menyesuaikan dirinya sesuai ruang dan waktu. Namun sejatinya kontradiksi itu ada dalam diri kita.

    ReplyDelete
  10. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Tulisan yang tidak begitu panjang, tidak cukup sekali saya membaca, masih menyisakan kebingungan, susah membuat kesimpulan, susah berkomentar. Kompleksitas hakikat paradoks yang dituangkan dalam postingan di atas membuat saya takut, saya pikir ini tentang hubungan kontradiktif, tapi ini kompleksi, bisa juga ini buka kontradiktif.

    ReplyDelete
  11. Arung Mega Ratna
    17709251049
    S2 Pend. Matematika C

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Berdasarkan “Elegi Menggapai Rumah Paradoks” Bahwa segala sesuatu di dunia ini bersifat Kontradiksi. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, paradoks berarti pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran.
    Diriku tidak sama dengan diriku, maka disini terdapat kontradiksi. Namun kenyataannya memang benar, bahwa diriku yang sekarang berbeda dengan dengan diriku yang dulu. Diriku yang sekarang juga berbeda dengan diriku yang akan datang.
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  12. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Paradoks menghasilkan suatu situasi yang bertolak (kontradiksi) dari suatu pernyataan/tujuan. Tak jarang manusia tanpa sengaja membangun paradoksnya sendiri. Misalnya usaha manusia dalam berobat. Untuk menyembuhkan suatu penyakit manusia terkadang menghalalkan berbagai cara yang malah berakhir dengan bertambahnya rasa sakit itu lagi. Semoga kita tidak tergolong orang yang membangun paradoks yang dapat merugikan diri sendiri.

    ReplyDelete
  13. Metia Novianti
    17709251021
    PPs Pend. Matematika A 2017
    Aku adalah aku, aku bukanlah aku. Hal ini jelas adalah kontradiksi. Namun bila kita perhatikan lagi maknanya, aku mungkin saja adalah aku dan aku mungkin saja bukan aku. Aku yang kemarin belum tentu sama dengan aku yang sekarang, dan aku yang hari ini belum tentu sama dengan aku di hari esok. Kontradiksi bisa saja terjadi dalam diri manusia dan menciptakan paradoks dalam dirinya sendiri, namun kita harus tetap mengingat Allah SWT agar tetap diberikan petunjuk.

    ReplyDelete
  14. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Rumah paradoks ialah orang-orang yang tidak sama dengan dirinya sendiri. Aku adalah aku. Lalu kapan aku akan menghuni rumah paradoks? Saat aku bukanlah aku. Padahal berdasarkan identitas aku adalah aku. Tetapi sebenar-benar aku bukanlah aku. Aku (sepersekian miliar setik yang lalu) bukanlah aku (saat ini). Waktu sepersekian detik yang lalu tidaklah sama dengan waktu saat ini.

    ReplyDelete
  15. Nama : Wisniarti
    NIM : 17709251037
    Kelas : PM B (Pascasarjana)

    Elegi menggapai rumah paradoks menyampaikan kepada kita bahwa paradoks itu merupakaan situasi dimana kita ditempatkan pada keadaan serba salah dan sulit. Karena selalu ada kontradiksi atau anti tesis pada setiap tesis. Sebaiknya manusia adalah yang terus belajar dan mampu keluar dari paradoks yang menempatkan pada situasi yang serba salah.

    ReplyDelete
  16. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Elegi menggapai rumah paradoks, rumah paradoks ada ketika diriku tidak sama dengan diriku sendiri. Sehingga rumah paradoks itu ada ketika terdapat kontradiksi. Kontradiksi tersebut bertentangan, namun dalam kenyataannya keduanya mengandung kebenaran. Sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia, paradoks berarti pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Sehingga pernyataan diawal tadi, diriku tidak sama dengan diriku sendiri itu adalah sebuah kontradiksi. Namun kontradiksi tersebut mengandung kebenaran, yaitu benar bahwa diriku yang sekarang berbeda dengan diriku sepuluh tahun yang akan datang. Diriku sepuluh tahun yang lalu juga berbeda dengan diriku yang sekarang. Terimakasih

    ReplyDelete
  17. Gamarina Isti Ratnasari
    17709251036
    Pendidikan Matematika Kelas B(S2)

    Paradoks adalah suatu situasi yang timbul dengan sejumlah premis (apa yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan kemudian), paradoks seolah-olah pernyataan yang bertentangan dengan pendapat umum. Dalam elegi ini diceritakan bahwa alfa ingin menghuni rumah paradoks, tetapi rumah paradoks tidak bisa menerima alfa karena alfa masih sama dengan dirinya sendiri, tetapi ketika alfa bukan dirinya sendiri rumah paradoks mau menerimanya. Refleksinya adalah seperti pepatah di mana kita berpijak disitu langit dijunjung, apabila kita ingin menjadi salah satu bagian dari sesuatu maka kita harus dapat menyesuaikan keadaan yang telah menjadi aturan dari sesuatu tersebut, jangan memaksakan aturan yang telah tercipta sebelumnya.

    ReplyDelete
  18. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Saya memerluka waktu yang lebih untuk memahami elegi di atas, sehingga saya memutuskan untuk mencari arti dari paradoks sendiri. Menurut KBBI, paradoks ialah pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Sehingga dari elegi rumah paradoks di atas, sebenarnya pernyataan umum yang sering kita dengar adalah "orang-orang pasti akan sama dengan dirinya sendiri" paradoksnya "orang-orang tidak sama dengan dirinya sendiri". Paradoks ini berlawanan dengan pernyataan umum biasanya, tetapi pada kenyataannya sebenarnya paradoks ini benar. Penjelasannya seperti komentar dari mbak Nur Dwi Laili Kurniawati di atas, "aku adalah aku. Tetapi sebenar-benar aku bukanlah aku. Aku (sepersekian miliar setik yang lalu) bukanlah aku (saat ini). Waktu sepersekian detik yang lalu tidaklah sama dengan waktu saat ini". Contoh lain, pernyataan umum yang sering kita dengar adalah "orang yang sukses adalah apabila IPK di atas 3.0", kenyataannya banyak juga orang-orang yang sukses adalah orang yang IPK nya rendah (paradoks). Tetapi, apapun pernyataan umum yang ada di tengah-tengah masyarakat, hal yang seharusnya kita lakukan adalah berusaha sebaik mungkin dan berdoa agar hidup kita sukses baik dunia maupun akhirat.

    ReplyDelete
  19. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Pada postingan ini, dapat saya simpulkan bahwa paradoks merupakan pernyataan yang seolah-olah salah tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Inilah suatu kondisi, ketika kita ingin menggapai sesuatu dan kita berada diposisi seperti ini, maka hanya akan ada kebohongan demi kebaikan.

    ReplyDelete
  20. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Elegi menggapai rumah paradoks ini adalah salah satu tulisan yang memerlukan pemahaman yang lebih mendalam. Karena apa yang tertulis di dalamnya harus dicermti satu persatu. Paradoks disini saya menangkap sebagai sebuah kontradiksi. Karena yang ada didalamnya belum tentu ada.

    ReplyDelete
  21. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dari elegi di atas menggambarkan bahwa setiap di dunia ini memiliki kontradiksi, bukan hanya sifat, keadaan bahkan diri kita sendiri pun juga kontradiksi. Hal ini tergantung dari konteksnya. Paradoks ialah pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Jika rumah paradoks yang digapai berisi hal yang baik, maka sudah sepatutnya kita capai. Namun jika tidak demikian, maka sebaiknya dihancurkan. Misalkan orang tua yang meminta anaknya untuk rajin belajar agar juara dan setelah itu akan memperoleh hadiah, namun setelah mendapat juara malah tidak jadi memberikan hadiah kepada anak, maka seharusnya dari awal anak tidak perlu diiming-imingi dengan hadiah agar juara.

    ReplyDelete
  22. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Mencoba memahami elegi menggapai rumah paradoks ini cukup sulit. Mencoba memaparkan apa yang saya pahami. Adakalanya manusia itu bertindak berlawanan dengan pikiran dan kenyataannya. Padahal dirinya memiliki potensi yang besar, tetapi ruang dan waktu mengharuskan dia mengakui sesuatu yang berlawanan dengan kenyataannya. Sehingga apa yang dilakukann tidak sesuai dengan hati nuraninya.

    ReplyDelete
  23. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.matematika

    Assalamu'alaikum wr.wb

    dalam tulisan kali ini saya memahami bahwa paradoks itu bertentangan dengan apa yang biasanya atau umumnya dipahami atau berlaku sesuai dengan pendapat umum. dan kadang-kadang itu juga mungkin saja terjadi dalam pikiran kita. kadang kita sama dengan diri kita, tetapi kadang kita juga bisa berbeda dengna diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  24. Atik Rodiawati
    17709251025
    PPS Pendidikan Matematika B 2017

    Elegi ini memberikan pemaknaan tentang paradoks, yaitu paradoks merupakan situasi yang diawali dari pernyataan yang diakui kebenarannya kemudian menuju ke situasi yang kontradiksi atau bertentangan. Misalnya, pada elegi ini Rumah Paradoks membuat pernyataan awal bahwa penghuni rumahnya adalah orang yang tidak sama dengan dirinya sendiri. Namun seiring dengan berjalannya obrolan dan permainan bahasa dari Alfa, Rumah Paradoks mengalami kontradiksi atau kebingungan akan pernyataan yang dibuat olehnya. Situasi inilah yang dimaksud paradoks.

    ReplyDelete
  25. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Menurut saya ulasan di atas dapat diibaratkan seperti seseorang yang sedang belajar filsafat di kelas, dalam situasi tertentu ia dapat berpikir namun dalam situasi tertentu ia sedang tidak berpikir. Ini berarti dalam satu situasi seseorang dapat memiliki perilaku yang kontradiktif, terkadang bisa menjadi bagian atau tidak menjadi bagian dari aktifitas yang sedang dilakukan. Muncul pertanyaan dalam benak saya, apakah dalam satu waktu seseorang dapat sepenuhnya melakukan hal yang tidak kontradiktif?

    ReplyDelete
  26. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak,
    Sejujurnya saya merasa bingung ketika membaca. Hal yang saya tangkap dari elegi menggapai rumah paradoks adalah tentang adanya kontradiksi, tetapi kontradiksi tersebut mengandung makna yang benar pada kedua pernyataan. Terkadang seseorang tidak menyadari telah ada kontradiksi di dalam kehidupannya. Kontradiksi tersebut sering menimbulkan kebingungan untuk menentukan keputusan. Karena manusia memang ditakdirkan dengan segala macam kontradiksinya maka hendaknya kita berusaha berbuat sesuai dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  27. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Suatu ketika saya diminta untuk menghadiri suatu pelatihan di luar kota, bersama seorang sahabat yang selama ini sering berselisih pendapat dengan saya. Banyak prinsip saya yang berbeda dengan dia. Saya sudah mengembangkan mitos saya sendiri bahwa situasinya akan tidak nyaman karena kami akan tinggal di sebuah kamar yang sama di penginapan. Karena tinggal bersama, maka terpaksalah saya berkomunikasi dengan dia, dengan atmospir yang kurang nyaman. Pembicaraan menjadi terasa formal karena kami kurang dekat satu sama lain. Kondisi yang dekat namun sebenarnya tidak dekat. Berbincang meski sebenarnya tidak berbincang.
    Hidup ini pun ternyata seringkali memaksa kita masuk dalam rumah paradoks. Peristiwa tadi hanya satu contoh saja dari situasi yang pernah saya alami.

    ReplyDelete
  28. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Saya bingung akan elegi ini. Kemudian saya berefleksi dan menyadari bahwa dalam hidup tiap manusia pasti ada paradoks. Ketika semua hanyalah tentang ruang dan waktu, saya yang sekarang bukanlah saya yang akan datang. Maka saya mungkin adalah saya yang membaca elegi ini dan mungkin bukan yang membaca elegi ini pula. Karena semua tergantung dilihat dari ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  29. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B

    Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan pengertian paradoks yaitu suatu ungkapan yang menunjukkan dua hal seolah-olah berbeda, namun sesungguhnya keduanya benar. Menurut saya mungkin paradoks ini tampak bagaikan sebuah rumah yang berpenghuni namun seperti tak berpenghuni. Misalnya, di sebuah desa yang ramai penduduknya serta luas lahan kebun karet di sekitarnya, namun penduduk desa itu lebih memilih menjadi Tenaga Kerja Indonesia untuk Luar Negeri (TKI) daripada mengolah sumber kekayaan alam desa sendiri. Demikianlah pemahaman saya tentang elegi ini.

    ReplyDelete
  30. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Saya mengenal istilah paradoks saat belajar Bahasa Indonesia ketika SMP dan SMA bada materi tentang majas. Paradoks adalah kalimat opini atau pernyataan yang berlawaan dengan pendapat umum, sehingga kadang terdengar aneh. Beberapa ahli juga mengatakan bahwa paradoks tidak lain adalah kalimat oposisi yang mengandung kalimat salah namun juga benar. Contohnya yaitu: Porsi makannya sangat besar namun badannya tetap kecil, beruntung sekali orang itu. Contoh yang lain: Dalam kemarahan yang ditujukan sang ayah, tersimpan rasa sayang yang tak dapat dipahami oleh anaknya. Dalam kalimat tersebut tertulis ayah marah, namun pada pernyataan berikutnya sebenarnya ayah tidak marah (melainkan sayang).

    ReplyDelete
  31. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Dengan membaca tulisan diatas awalnya membuat kami bingung, karena paradox merupakan kata asing yang sebelumnya tidak kami ketahui maknanya. Setelah mencoba mencari tahupun kami Alhamdulillah ada titik pencerahan meskipun masih ada titik kebingungan dan yang dapat kami pelajari dari penggambaran rumah paradox bahwa setiap manusia pasti memiliki paradoks dalam hidupnya, yakni memiliki pendapat atau keadaan lain atau beda dengan pendapat pada umumnya dan hal itu mungkin saja benar dan mungkin saja bisa salah. Seperti alfa yang kadang bukan memiliki hal yang beda dengan dirinya maka dia masuk pada ranah paradok namun jika dia sama dengan dirinya maka dia tidak masuk rumah paradoks. Terima Kasih bapak. Disini kami masih menyisakan kebingungan kenapa alfa bisa tidak sama seperti dirinya dan bisa sama seperti dirinya, kapankah itu terjadi dan apakah itu keadaan yang wajar? . Mohon pencerahannya bapak. Matur Suwun

    ReplyDelete
  32. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas ulasan di atas. Satu kata yang mungkin pada awalnya saya tidak mengerti maksud dan maknanya, namun disini saya dapat menangkap bahwa paradoks yaitu suatu ungkapan yang menunjukkan dua hal seolah-olah berbeda, namun sesungguhnya keduanya benar. mungkin sebagai contoh dalam kejengkelan yang ditujukan seorang ibu, tersimpan rasa cinta yang tak dapat dipahami oleh anaknya. Dalam kalimat tersebut tertulis ibu jengkel, namun sebenarnya ibu tidak jengkel melainkan cinta. Seperti mungkin ketika berada dalam perkuliahan filsafat, terkadang saya merasa fokus berpikir, namun sesekali juga pikiran saya buyar karena suatu hal sehingga menjadi tidak berpikir. Apakah seperti itu yang dimaksud dalam elegi ini,. Sesungguhnya pemahaman saya dan ketidakpahaman saya sedang beradu ketika membaca elegi ini, yang berarti sepertinya saya sedang dikuasai mitos padahal saya sedang menggapai logos, Wallahu'alam bishowab. Semoga dapat lebih terjawab ketika dijelaskan di kelas. amin

    ReplyDelete
  33. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Saya membayangkan ada suatu rumah yang seluruh isinya dalah paradoks semata. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana proses kehidupan dalam absurditas rumah paradoks. Mungkin yang terjadi adalah ketidaknormalan yang hakiki. Anomaly yang benar-benar anomali, sebagaimana paradoks waktu yang tidak memungkinkan kita untuk kembali pada masa lampau.

    ReplyDelete
  34. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Sejujurnya setelah membaca elegi ini saya kurang memahami dari apa yang disampaikan oleh paradoks. Maka setelah itu saya serching makna dari kata "paradoks" tersebut. Setelah itu yang saya temukan bahwa Paradoks adalah bahasa yang diadopsi dari kata dalam bahasa Yunani Kuno yang memiliki arti "pernyataan yang bertentangan". Sedangkan, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa paradoks adalah suatu pernyataan yang sepertinya berlawanan (bertentangan) dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi sebenarnya mengandung kebenaran. Artinya, paradoks ini menyiratkan adanya kontradiksi yang terkandung dalam suatu pernyataan. Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa apa yang disampaikan oleh paradoks adalah pernyataan yang tampaknya bertentangan, padahal kenyataannya tidak.

    ReplyDelete
  35. Nurika Miftahuljannah
    17709251060
    PPs P. Mat C
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Jujur, terus terang saya urang dapat memahami tulisan ini, akan tetapi jika boleh berpendapat tulisan ini menggambarkan diri kita sendiri. Kita memiliki penilaian terhadap kita sendiri, tetapi kita juga harus terbuka mau menerima pendapat orang lain. Sehingga kita tidak hanya kita menurut kita sendiri tetapi kita juga kita menurut orang lain. Senantiasa menerima saran atau masukan demi kita agar menjadi lebih baik dan lebih baik lagi dalam segala hal.
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  36. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Dari elegi tersebut saya mengetahui bahwa rumah paradoks adalah tempat bagi yang bukan dirinya sendiri. Itulah sebenar-benarnya dunia, bahwa tidak ada kesamaan bahkan untuk diriku sendiri, karena sebelum akau selesai menunjuk diriku diriku sudah berubah, dari diriu yang tadi menjadi diriku yang sekarang. Namun perbedaan dan persamaan itu ada dalam setiap bentuk kehidupan di dunia, maka sebenar-benarnya diriku it penghuni selkaligus bukan penghuni rumah paradoks.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  37. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Paradoks sepertinya asik untuk diperbincangkan. Paradoks adalah suatu pernyataan yang seolah-olah bertentangan dengan kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran, dan tentunya memusingkan. Paradoks ada beberapa jenis. beberapa contoh tentang paradoks yang ada dalam kehidupan yaitu:
    #Kemajuan di bidang teknologi membuat masyarakat mengalami kemunduran nilai sosial
    #Keceriannya di dunia maya berbanding terbalik di dunia nyata. Kegigihannya mencapai mimpi membuat ia lupa akan sakit yang ia rasakan
    #Umar mempunyai fisik sekuat baja, namun ia memiliki hati yang lembut
    #Kesuksesannya dalam wirausaha tidak membuatnya sukses dalam percintaan

    ReplyDelete
  38. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Dari elegi diatas, jika ditarik suatu bentuk umumnya, rumah paradoks adalah sebuah hal yang terjadi jika diberikan sebuah himpunan P dimana P bukan merupakan anggota himpunan P. Jika dilihat, maka hal tersebut adalah sebuah kontradiksi. P tidak mungkin bukan merupakan anggota himpunan P karena P sendiri mendifinisikan himpunan P. Jika demikian, maka suatu hal tersusun atas rumah-rumah paradoks yang berbeda-beda sesuai dengan titik dimana kita mengambil hal tersebut. Rumah paradoks P dengan anggota P',P",P'",.... Rumah paradoks P' dengan anggota P, P",P'",.....; dst. Menurut saya, segala sesuatu adalah paradoks, kecuali satu yang absolut yang berhubungan dengan Tuhan. Segala sesuatu pasti berkontradiksi karena segala sesuatu pasti berubah dan tidak mungkin sama pada waktu dan ruang yang berbeda.

    ReplyDelete