Sep 20, 2010

Elegi Menggapai Rumah Paradoks




Oleh Marsigit
(Diolah dari Paradoks Russell)

Rumah paradoks:
Aku adalah rumah paradoks. Penghuniku hanyalah orang-orang yang tidak sama dengan dirinya sendiri.

Alfa:
Wahai rumah paradoks, namaku adalah Alfa. Aku ingin bertanya. Apakah aku penghuni rumahmu atau bukan?

Rumah paradoks:
Engkau bisa menghuni rumahku bisa juga tidak menghuni rumahku.

Alfa:
Kapan aku menghuni rumahmu?

Rumah paradoks:
Jika engkau tidak sama dengan dirimu sendiri. Yaitu engkau tidak sama dengan Alfa.

Alfa:
Baik, aku sekarang akan menghuni rumahmu.

Rumah paradoks:
Apa yang engkau maksud dengan “aku”

Alfa:
Yang aku maksud dengan “aku” adalah diriku yaitu Alfa. Jadi aku adalah Alfa.

Rumah paradoks:
Karena engkau sama dengan Alfa maka engkau harus keluar, dan tidak boleh menghuni rumahku.

Alfa:
Bukankah aku telah menghuni rumahmu. Maka aku tidak sama dengan Alfa.

Rumah paradoks:
Baiklah karena engkau tidak sama dengan Alfa maka engkau boleh menghuni rumahku.

Alfa:
Bagaimana engkau ini, wahai rumah paradoks. Aku itu penghuni rumahmu atau bukan?

Rumah paradoks:
Sebenarnya engkau itu sekaligus penghuni rumahku dan bukan penghuni rumahku.

8 comments:

  1. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Contoh yang digambarkan dalam elegi ini memberikan pemahaman pada saya bahwa paradoks khususnya paradoks Russel tersusun dari pernyataan yang bertentangan atau kontradiktif. Dalam paradoks, suatu pernyataan pada permukaannya tampak tak masuk akal atau bahkan bertentangan dengan dirinya sendiri, tetapi sesungguhnya benar atau mungkin benar. Terjadinya suatu paradoks merupakan akibat dari penerapan secara salah hukum-hukum logika, pelanggaran terhadap hukum-hukum logika yang tidak dapat dinyatakan secara jelas (atau tidak terlihat jelas) dan tidak diterapkannya hukum-hukum logika pada situasi tertentu.

    ReplyDelete
  2. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Paradoks itu menjelaskan tentang segala sesuatu yang kontradiksi. Segala sesuatu di dunia ini adalah kontradiksi. Satu hal dapat dibuktikan sama dengan dirinya sekaligus berbeda dengan dirinya sendiri. Dan hal absolute hanyalah milik Alloh. Diri kita sendiri pun juga merupakan kontadiksi. Apalagi hati dan prinsip dan hati kita kerap kali berbalik. Saat ini kita berpendapat negative akan suatu hal, tak jarang beberapa hari, menit bahkan detik kemudian akan mendadak berpendapat posiitif. Demikian halnya sifat kita, kadang sulit menemukan jati diri kita yang sebenarnya karena manusia cepat berubah dan menyesuaikan.

    ReplyDelete
  3. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Paradoks ialah kontradiksi. Paradoks merupakan bagian dari separoh dunia. Ada sebab pasti ada akibat, demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu kenalilah jati diri karena dengan demikian kita juga akan mengenal serta memahami paradoks yang ada dalam diri kita.

    ReplyDelete
  4. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dari elegi ini, terlihat bahwa terjadi pertentangan, yang pada dasarnya tidak terdapat konsistensi antara satu pernyataan dengan lainnya. Atau lebih dikenal dengan istilah paradoks. Paradoks merupakan pernyataan yang tidak sesuai dengan pendapat umum dan seolah-olah bertentangan akan tetapi mengandung kebenaran.

    ReplyDelete
  5. Fatmawati
    16709251071
    S2 PM.D 2016
    Paradoks menurut pemahaman saya adalah kebalikan. Jika sesuatu diparadokskan maka yang diceritakan adalah kebalikan dari sesuatu tersebut. namun seperti yang dialami alfa, dia bersedia diparadokskan, tetapi dia tetap saja masih menjadi dirinya sendiri. Kemudian diakhir percakapan dikatakan bahwa sesungguhnya alfa adalah penghuni paradoks sekaligus bukan penghuni paradoks. Saya jadi teringat elemen invers. Bahwa setiap elemen dalam grup pasti mempunyai invers. Jika dipadupadankan dengan tema ini maka maksudnya adalah, dalam sesuatu pasti ada atau mempunyai kebalikan dari sesuatu itu sendiri. Jadi tidaklah benar jika kita menyombongkan diri pada suatu kelebihan, karena di sekitar kelebihan itu pasti ada kekurangannya. Dan bisa jadi paradoks yang mengkontradiksikan sesuatu dapat menjadi penguat bagi sesuatu tersebut.

    ReplyDelete
  6. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    segala sesuatu bisa dikatakan berada dalam satu definisi. hal ini dapat kita telusuri bahwa walaupun dalam kenyataannya hal itu berbeda, tapi pada hakikatnya hal itu sama. sebagai contoh, air itu panas, sedangkan air yang dingin itu juga bisa dikatakan panas, tapi memiliki suhu yang minus,. berarti hal yang dimaksud disini adalah air. yang mana air ini dapat dikatakan dingin dan dapat dikatakan panas.

    ReplyDelete
  7. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Pada elegi ini menceritakan paradoks kembali, dimana saya temui juga paradoks pada tukang cukur. pada elegi menggapai rumah paradoks ini terdapat perkataan Rumah paradoks pada kalimat terakhirbahwa Aku penghuni rumahmu karna aku bukan Alfa. Di sini saya mengartkan maksudnya aku bukan alfa dan aku tidak sama dengan alfa, karena jika dipahami secara umum 'aku' ada tiga huruf sedangkan 'alfa' ada empat huruf.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Aku dan bukan aku adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan. Dalam hidup selalu ada aku dan bukan aku.
    Aku dan bukan aku selalu ada bersama untuk melalui hari-hari dalam hidup ini. Seketika kita menjadi kita untuk waktu sesaat, dan sekaetika kita menjadi bukan kita untuk seketika waktu pula.
    Aku dan bukan aku saling melengkapi untuk menjadi aku yang seutuhnya.

    ReplyDelete