Sep 20, 2010

Elegi Menggapai Rumah Paradoks




Oleh Marsigit
(Diolah dari Paradoks Russell)

Rumah paradoks:
Aku adalah rumah paradoks. Penghuniku hanyalah orang-orang yang tidak sama dengan dirinya sendiri.

Alfa:
Wahai rumah paradoks, namaku adalah Alfa. Aku ingin bertanya. Apakah aku penghuni rumahmu atau bukan?

Rumah paradoks:
Engkau bisa menghuni rumahku bisa juga tidak menghuni rumahku.

Alfa:
Kapan aku menghuni rumahmu?

Rumah paradoks:
Jika engkau tidak sama dengan dirimu sendiri. Yaitu engkau tidak sama dengan Alfa.

Alfa:
Baik, aku sekarang akan menghuni rumahmu.

Rumah paradoks:
Apa yang engkau maksud dengan “aku”

Alfa:
Yang aku maksud dengan “aku” adalah diriku yaitu Alfa. Jadi aku adalah Alfa.

Rumah paradoks:
Karena engkau sama dengan Alfa maka engkau harus keluar, dan tidak boleh menghuni rumahku.

Alfa:
Bukankah aku telah menghuni rumahmu. Maka aku tidak sama dengan Alfa.

Rumah paradoks:
Baiklah karena engkau tidak sama dengan Alfa maka engkau boleh menghuni rumahku.

Alfa:
Bagaimana engkau ini, wahai rumah paradoks. Aku itu penghuni rumahmu atau bukan?

Rumah paradoks:
Sebenarnya engkau itu sekaligus penghuni rumahku dan bukan penghuni rumahku.

19 comments:

  1. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami menyadari bahwa dalam hidup ini kami senantiasa berhadapan dengan kontradiksi-kontradiksi, bahkan dalam usaha untuk mengenali sendiri sekalipun kami juga dihadapkan dengan kontradiksi-kontradiksi. Sehingga mengenali diri sendiri menjadi aku atau menjadi orang lain merupakan hal yang sulit, demikian pula dalam menjalani kehidupan sehari-hari terdapat pertentangan atau seolah-olah pertentangan. Inilah yang membuat seseorang dituntut bertindak bijak dalam mengambil keputusan, jangan sampai terjebak dalam paradok kehidupan. Semoga kami dapat menjalani kehidupan ini dengan sikap bijaksana. Amin

    ReplyDelete
  2. Aristiawan
    17701251025
    PEP B 2017

    Elegi yang sangat menarik. Di akhir percakapan disimpulkan bahwa alfa bisa menjadi penghuni rumah paradoks sekaligus menjadi bukan penghuni rumah paradoks. Artinya alfa bisa menjadi diri alfa sendiri bersamaan dengan alfa tidak menjadi dirinya sendiri. Apakah hal yang demikian dikarenakan pengaruh ruang dan waktu?

    ReplyDelete
  3. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Dalam kamus besar bahasa Indonesia, paradoks diartikan sebagai pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Dalam elegi menggapai rumah paradoks, saya menyimpulkan bahwa alfa adalah pengguhi rumah paradoks dan alfa juga bukan penghuni rumah paradoks. Menjadi penghuni rumah paradoks ketika alfa tidak sama dengan dirinya, menjadi bukan penghuni rumah paradoks ketika alfa adalah alfa. Penghuni dan bukan penghuni adalah pernyataan yang saling bertentangan, namun ketika dipikir kembali, perkataan rumah paradoks mengandung unsur kebenaran. Alfa masihlah alfa yang sama yaitu individu yang sama tetapi alfa sedetik yang lalu berbeda dengan alfa sekarang, karena alfa terikat oleh ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  4. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pada elegi diatas, memuat dua prinsip dalam berfilsafat yaitu prinsip kontradiksi dan prinsip identitas. Prinsip kontradiksi terjadinya di dunia dimana sesuatu yang sekarang berbeda dengan sesuatu setelah sekarang atau sesuatu sebelum sekarang. Sedangkan prinsip identitas adalah yang terjadi di dalam pikiran dimana sesuatu sama dengan sesuatu. Rumah paradoks hanya mau ditempati oleh seseorang yang berprinsip kontradiksi sekaligus berusaha mencapai keadaan identitas.

    ReplyDelete
  5. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Paradoks merupakan opini atau argumen yang bersilangan dengan apa yang dianggap secara umum oleh orang-orang. Disebut paradoks sebab di satu sisi salah namun di sisi lainnya benar adanya. Mungkin yang dimaksud rumah paradoks itu adalah raga manusia, sedangkan raga itu bisa diisi oleh jiwa manusia sekaligus bukan jiwa manusia (syaitan) atau hal-hal yang bersifat kontradiktif.

    ReplyDelete
  6. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Paradoks itu menjelaskan tentang segala sesuatu yang kontradiksi. Segala sesuatu di dunia ini adalah kontradiksi. Satu hal dapat dibuktikan sama dengan dirinya sekaligus berbeda dengan dirinya sendiri. Dan hal absolute hanyalah milik Allah. Diri kita sendiri pun juga merupakan kontadiksi. Apalagi hati dan prinsip dan hati kita kerap kali berbalik. Saat ini kita berpendapat negative akan suatu hal, tak jarang beberapa hari, menit bahkan detik kemudian akan mendadak berpendapat posiitif. Demikian halnya sifat kita, kadang sulit menemukan jati diri kita yang sebenarnya karena manusia cepat berubah dan menyesuaikan.

    ReplyDelete
  7. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Paradoks merupakan pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Paradoks juga bisa diartikan sebagai situasi yang timbul dari sejumlah premis yang diakui kebenarannya yang bertolak dari suatu penyataan dan akan tiba pada suatu konflik atau kontradiksi.

    ReplyDelete
  8. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Berdasarkan elegi ini, saya belajar bahwa paradoks adalah keadaan yang tidak sesuai dengan aslinya. Sebagai contoh, seseorang mengaku sebagai seorang yang beragama tetapi dia tidak pernah beribadah . Dapat dikatakan bahwa dia adalah seorang beragama paradoks. Mengapa? Karena seharusnya seorang beragama itu mempunyai kewajiban untuk beribadah sesuai agamanya, ketaatan, ketaqwaan, ketundukan pada Tuhannya. Namun, karena orang tersebut tidak beribadah maka dia tidak mencerminkan seorang yang beragama. Oleh karena ketidaksesuaian itu, maka ia ada pada kondisi paradoks.

    ReplyDelete
  9. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Elegi diatas membahas tentang paradox (lawan, pertentangan). Hidup ini penuh dengan paradox yang menyajikan kita banyak pilihan pilihan. Baik yang baik maupun buruk (bertentangan dengan hati nurani). Disitulah diperlukan berpikir mendalam agar tidak terjebak pada paradox dan mitos diri. Diperlukan berfikirdengan hati nurani agar tidak terjebak dalam suatu pertentangan dalam diri.

    ReplyDelete
  10. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Di rumah dunia adalah rumah bagi para pertentangan, kontradiksi antara sau dengan yang lainnya. Rumah dunia adalah rumah yang berisi paradox. Rumah dunia tidak ada yang namanya identitas, identitas hanyalah terjadi di rumah pikiran. Bahkan ketika menyebut aku, maka disitulah sebenarnya bukan aku. Karena aku sebelum aku ngomong aku adalah bukan aku.

    ReplyDelete
  11. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Dalam paradox dirumah dunia, kontradiksi yang terjadi sebenarnya adalah satu kesatuan yang utuh, saling melengkapi. Selalu ada tesis dan anti tesisnya, aku dan bukan aku bersama-sama membentuk suatu kehidupan yang kontinu, konsisten, dan saling melengkapi. Artinya dalam hal ke tidak identitasan sekalipun masih bisa saling melengkapi, apalgi waktu sesaat terjadi aku=aku, maka itu adalah waktu baik untuk membentuk hidup yng lebih baik.

    ReplyDelete
  12. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Paradoks sebagai sebuah pernyataan yang betul atau sekelompok pernyataan yang menuju ke sebuah kontradiksi atau ke sebuah situasi yang berlawanan dengan intuisi. Intuisi disini bisa diartikan sebagai pengalaman atau perkiraan. Paradoks tidak melulu salah, mungkin saja benar. Syaratnya adalah pembuktian kebenaran dari premis-premis yang terkait. Jika premisnya tidak bisa dibuktikan bahwa premis itu benar, maka dia salah. Sebaliknya, juga berlaku sebaliknya.

    ReplyDelete
  13. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 Pmat C 2017

    Dari elegi menggapai rumah paradoks di atas dapat diketahui bahwa paradoks merupakan pernyataan yang tidak sesuai dengan pendapat umum dan seolah-olah bertentangan, akan tetapi mengandung kebenaran. Sebagaimana paradoks Russell yang timbul dalam kaitannya antara suatu himpunan yang menjadi bagian dari berbagai himpunan namun bukan anggota itu sendiri.
    Hakekat paradoks adalah sebuah ketidaksesuaian antara keadaan yang terjadi dengan keadaan sebelumnya. Paradoks merupakan opini atau argumen yang bersilangan dengan apa yang dianggap secara umum oleh orang-orang. Disebut paradoks sebab di satu sisi salah namun di sisi lainnya benar adanya.

    ReplyDelete
  14. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dalam dunia tentunya tidak akan terjadi aku sama dengan aku. Sehingga dalam hal ini tentunya alfa akan selalu berada dalam rumah paradoks. Ketika berada di dalam rumah paradoks, berarti alfa sedang berada di alam dunia, dimana alam dunia adalah alam yang penuh dengan kontradiksi, alam yang tidak mempunyai kebenaran yang hakiki karena semuanya bisa saja benar dan bisa saja salah sesuai dengan sudut pandang orang tersebut. Sedangkan ketika alfa sudah berada diluar rumah paradoks berarti alfa sudah berada di alam akhirat, dimana aku sama dengan aku sudah dapat terjadi, wallahu’alam bissawab.

    ReplyDelete
  15. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih prof, sepemahaman saya hakekat paradoks adalah sebuah ketidaksesuaian antara keadaan yang terjadi dengan keadaan sebelumnya.Sesuai dengan elegi diatas pada rumah paradoks terjadi pertentangan, yang pada dasarnya tidak terdapat konsistensi antara satu pernyataan dengan lainnya.

    ReplyDelete
  16. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Paradoks adalah pernyataan yang seolah-olah bertentangan dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi pada kenyataannya mengandung kebenaran. Rumah paradoks adalah rumah bertentangan. Sehingga Alfa dapat menjadi penghuni rumah tersebut ataupun bukan penghuni rumah tersebut. Alfa dapat menjadi penghuninya dan bukan penghuninya mungkin tergantung pada ruang dan waktunya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  17. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Sebenar-benrnya aku aalah diriku, aku adalah apa yang aku baca, aku adalah pa yang aku lakukan. Aku adalah cermin.. jadi intinya aku adalah segala hal yang ada dalam diriku. Hal ini menggambarkan bahwa sebenar-benarnya aku ya apa yang ada dalam diriku itu.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  18. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Capaian yang paling sulit adalah mengenal diri sendiri. Banyak orang yang salah kaprah dengan dirinya sendiri. bahkan beberapa orang mengenal dirinya hanya sebatas divinisi apa yang melekat dalam dirinya. Bahkan dalam diri ini banyak paradoks yang membuat beberapa orang menjadi sebuah ilusi, dan membuat bias dalam menilai sesuatu. paradoks adalah keadaan yang tidak sesuai dengan aslinya. Demi mencapai diri sendiri, maka seseorang harus menjadikan diringan objek sekaligus subjek dalam penilaian.

    ReplyDelete
  19. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Elegi menggapai rumah paradoks ini adalah salah satu tulisan yang memerlukan pemahaman yang lebih mendalam. Karena apa yang tertulis di dalamnya harus dicermati satu persatu. Paradoks disini saya menangkap sebagai sebuah kontradiksi. Karena yang ada didalamnya belum tentu ada.

    ReplyDelete