Nov 8, 2014

Hermenitika Hidup

Ass Wr Wb



Struktur Dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada; satu diantaranya adalah struktur yang saya gunakan untuk membuat diagram di bawah ini yang meliputi komponen berdimensi hirarkhi: material, formal, normatif, dan spiritual. Kita dapat membayangkan betapa banyak fenomena hermenitika yang terjadi jika kita menerapkannya pada setiap struktur yang ada dan yang mungkin ada. Pengantar ini saya buat untuk menghindari salah paham bahwa struktur hanyalah satu, atau hermenitika hanyalah satu. Selama kita masih di dunia dan masih bericara tentang urusan-urusan dunia maka kita mendapatkan Struktur yang bersifat plural. Oleh karena itu diagram berikut memang hanyalah 1 (satu) contoh dari yang ada dan yang mungkin ada. Selamat menyimak.
Ass Wr Wb


                                                 Diagram oleh Marsigit (2014)

73 comments:

  1. Firda Listia Dewi
    16701251014
    PEP S2 Kelas B

    Berdasarkan Diagram Hermenitika Hidup yang dibuat oleh Bapak Prof. Dr. Marsigit, M.A., hermenitika hidup dibentuk oleh dua aspek, yaitu aspek teori dan aspek praktik. Aspek praktik menjadi dasar dari aspek teori karena belajar dimulai dengan praktik dan intuisi. Setelah mencapai puncak pemahaman, barulah menyentuh ranah teori. Proses ini terus berulang sehingga digambarkan dengan bentuk spiral.

    ReplyDelete
  2. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Takdirnya hidup manusia dalam filsafatnya hermeneutika atau bersilaturahim. Kita bisa bertahan hidup karena terus berikhtiar dan melakukan apapun dengan mengaitkan ke ranah spritualitasnya. Maka bisa dikatakan, hidupnya manusia haruslah dalam keadaan berdoa. Hidup merupakan linier dan siklik. Terus berjalan kedepan, karena tak mungkin manusia kembali ke masa lalu. Dan mengalami siklus dari mulai lahir kedunia dengan tujuannya manusia hidup, sampai diambilnya ruang dan waktu kita. Ini terlihat dari gambar panah dan lingkaran. Kemudian, terlihat pada spiral yang semakin membesar, bahwa pergerakannya sama, yang mengartikan kehidupan kita teratur tetapi tak akan pernah dalam keadaan yang sama pada ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  3. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Hermenitika Hidup seperti yang di gambarkan dalam diagram tersebut merupakan sebagian kecil dari segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada mengenai kehidupan ini, namun apabila kita melihat dari diagram tersebut maka hermanitika hidup itu selalu menginterpretasikan makna dari setiap hidup kita, bahwa hidup kita itu bagaikan siklus yang terus beerputar, kadangkala di bawah dan kadang kala di atas, begitulah kehidupan kita yang masih berada dalam ranah formal dan normatif. dari hal tersebut maka mengajarkan kita untuk tidak sombong dan terus meningkatkan kualitas hidup kita.

    ReplyDelete
  4. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    PM B PPs UNY 2016

    Hermenitika memiliki keterkaitan dengan interpretasi pemahaman tentang semua yang ada dan yang mungkin ada. Hermenitika hidup memiliki gambaran pemahaman mengenai kehidupan. Berdasarkan herminitika hidup, struktur dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada dengan beberapa komponen mengenai berdimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Jika komponen-komponen ini diterapkan, akan ada banyak fenomena herminitika dalam hidup dan kehidupan. diagram hermenitika yang digambarkan di atas, hanya merupakan gambaran kecil dari banyak hal yang mungkin dari yang ada dan mungkin ada.

    ReplyDelete
  5. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Pada gambar terlihat bahwa hermeneutika hidup terdiri dari 2 yaitu garis lurus dan garis melingkar. Garis lurus menggambarkan bahwa hidup kita terus berjalan, artinya kita tidak akan mengulangi hal yang persis sama dalam kehidupan ini, semua itu akan menembus ruang dan waktu. Sedangkan garis yang melingkar menggambarkan bahwa dalam hidup kita akan selalu ada interaksi.
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  6. Seftika Anggraini
    13301241013
    Pendidikan Matematika I 2013

    Dari diagram tersebut, yang dapat saya terima bahwa semua hal di dunia ini berlangsung secara siklik dan linear. Keduanya tidak dapat dipisahkan. Yang siklik pasti mengandung linear dan linear pasti mengandung siklik.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  7. Seftika Anggraini
    13301241013
    Pendidikan Matematika I 2013

    Dari diagram tersebut, yang dapat saya terima bahwa semua hal di dunia ini berlangsung secara siklik dan linear. Keduanya tidak dapat dipisahkan. Yang siklik pasti mengandung linear dan linear pasti mengandung siklik.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pendidikan Matematika I 2013

    Filsafat matematika pada dasarnya adalah pemikiran reflektif terhadap matematika. Matematika menjadi ilmu pokok soal yang dipertimbangkan secara cermat dan penuh perhatian.

    ReplyDelete
  9. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pendidikan Matematika I 2013

    Dari diagram di atas, dapat kita lihat bahwa di dalam Hermeneutika terdapat dua unsur dasar, yaitu lurus dan melingkar. Lurus karena kita tidak pernah mengulangi hal yang sama semuanya menembus ruang dan waktu. Dan dikatakan melingkar karena adanya interaksi. Hermeneutika ini juga dapat diartikan bahwa suatu cara menerjemahkan dan diterjemahkan tentang segala hal apapun.

    ReplyDelete
  10. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan atematika c 2013

    dari postingan diatas, terlihat bahawa hermenetika hidup dalam ilmu dunia itu linie da siklik, terjemah dan diterjemahkan secara kontinyu sehingga membentuk kruucut yang menekati ketunggalan (karena awalnya plural), namun tidak mencapai tunggal. terima kasih pak

    ReplyDelete
  11. Harsiti Indrawati
    13301241021
    P.MAT A2013
    Seluruh yang ada dan yang mungkin ada adalah berstruktur dan terus menerus berputar membentuk spiral. Di setiap perputaran tersebut ada empat komponen penting yang membentuk hirarki yaitu material, formal, informal, dan spiritual. Dunia material adalah dunia yang bawah dikarenakan banyaknya kontradiksi di dalamnya, sifatnya hanya sesuatu yang terlhat semata. Dunia formal adalah dunia yang mengenal keteraturan tapi lemah dari sisi nilai dan norma. Dunia informal adalah dunia norma dan nilai. Sedangkan dunia spiritualitas adalah yang absolut, selalu benar dan tanpa kontradiksi. Hidup itu kontinu, tidak boleh diskret. Hidup juga selalu dibangun. Pengetahuan yang terdahulu juga terus menerus dibangun.

    ReplyDelete
  12. Cinta Adi Kusumadewi
    13301241056
    Pendidikan Matematika I 2013

    Berdasarkan diagram hermenitika hidup yang digambarkan di atas, didapat bahwa manusia dalam proses kehidupan nya menngalami proses horisontal dan vertikal yang berjalan secara siklik dan linear. Adapun secara horizontal adalah ia dengan sesamanya yang memiliki struktur hirarkhi (material, formal , normatif, spiritual) dan berjalan secara siklik dan linear. Sedangkan proses vertikal adalah ia dengan Tuhannya yang menghambakan diri berproses secara struktur dan berjalan secara siklik linear juga.

    ReplyDelete
  13. Muhamad arfan septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan herminitika hidup, struktur dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada dengan beberapa komponen mengenai berdimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Jika komponen-komponen ini diterapkan, akan ada banyak fenomena herminitika dalam hidup dan kehidupan. diagram hermenitika yang digambarkan di atas, hanya merupakan gambaran kecil dari banyak hal yang mungkin dari yang ada dan mungkin ada.

    ReplyDelete
  14. Muhamad arfan septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Struktur Dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada,satu diantaranya adalah struktur yang saya gunakan untuk membuat diagram di bawah ini yang meliputi komponen berdimensi hirarkhi: material, formal, normatif, dan spiritual. Kita dapat membayangkan betapa banyak fenomena hermenitika yang terjadi jika kita menerapkannya pada setiap struktur yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  15. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    Unsur dasar dalam struktur ialah yang ada dan yang mungkin ada. Hal yang ada ialah wadah dan isi. Jika wadahnya adalah badan maka isinya adalah rohaninya. Hal tersebut berputar dari awal zaman sampai akhir zaman, bergerak dari waktu ke waktu. Struktur paling atas adalah struktur spiritual, jika turun ke bawah ada struktur normatif, formal, dan material sampai zaman sekarang.

    ReplyDelete
  16. Lilik Waziratul Muflihah
    13301244025
    Pend. Mat c 2013


    Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa hermenetika hidup diilustrasikan dengan bentuk lingkaran dan garis lurus. Apabila dipandang dari arti kehidupan, lingkaran atau melingkar bagaikan hidup yang akan terus berputar, adakalanya hidup dengan sederhana, bahagia, sedih, sedang, kaya pasti semua manusia akan merasakannya. Hal ini yang disebut dengan siklik atau siklus hidup. Sedangkan garis lurus menggambarkan bahwa hidup ini terus berjalan, tidak akan bisa mengulang waktu yang telah terlewati. Maka dari itu, hermenetika hidup menjelaskan mengenai proses hidup manusia yang seharusnya bersifat siklik dan linear sesuai dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  17. Lilik Waziratul Muflihah
    13301244025
    Pend. Mat c 2013

    Dari gambar Pak Marsigit mengenai hermenetika hidup dapat dilihat bahwa hidup itu digambarkan dengan struktur. Adapun struktur paling tinggi adalah aspek spiritual, normatif, formatif dan yang terakhir adalah material. Yang artinya adalah dalam memandang hidup, setiap individu harus berpegang teguh kepada aturan Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  18. Fajar Yanuar
    1331244021
    Pend. Matematika C

    Dari diagram hermenitika di atas, saya jadi mengetahui bahwa dalam hermenetika hidup bersifat siklik dan linear. Siklik berarti kehidupan yang terus berulang seperti hari rabu yang berulang setiap minggunya. Linear brrti hidup yang terus berjalan lurus.

    ReplyDelete
  19. Fajar Yanuar
    13301244021
    Peng. matematika C 2013

    dari diagram tersebut saya juga mengetahui bahwa struktur dari gemenetika adalah material, formal, normatif dan spiritual. sehingga dalam hermenetika ini sangat menjunjung tinggi aspek spiritual dimana prinsip tersebut sama dengan kehidupan bangsa kita yang menjunjung tinggi aspek spiritual. selain itu hermenetika di dalamnya merupakan interaksi antar mahluk hidup atau menurut orang islam itu disebut dengan silaturahmi.

    ReplyDelete
  20. Teduh Sukma Wijaya
    13301241073
    Pendidikan Matematika C 2013

    Berdasarkan herminitika hidup, struktur dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada dengan beberapa komponen mengenai berdimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Jika komponen-komponen ini diterapkan, akan ada banyak fenomena herminitika dalam hidup dan kehidupan.

    ReplyDelete
  21. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Hermenitika hidup adalah terjemah menterjemahkan. Dalam hidup digambarkan dengan linear dan siklik. Linear berarti ruang dan waktu selalu berubah dan tidak mundur

    ReplyDelete
  22. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pendidikan Matematika I 2013

    Mengenai diagram tersebut, terdapat nilai-nilai yang tersirat yang terkandung di dalamnya. Implementasi dari hermenetika dalam proses pembelajaran matematika ini diharapkan siswa dapat mengeksplor potensi kecerdasan maupun intelektualnya lebih mendalam, sehingga siswa dapat mandiri dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  23. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Dari diagram tersebut, yang dapat saya terima bahwa semua hal di dunia ini berlangsung secara siklik dan linear. Siklik artinya kita masih bisa bertemu lagi di kelas pada hari senin depan. Linear artinya kita tidak bisa mengulang kembali masa lalu kita

    ReplyDelete
  24. Andina Yuliana Dewi
    13301241007
    P.Matematika I 2013

    Struktur dunia itu meliputi yang ada dan yang mungkin ada meliputi komponen-komponen berdimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Hermeunitika hidup ada 2 yaitu linear dan siklik. Linear yaitu saat hidup kita terus berjalan. Sedangkan siklik yaitu saat hidup kita selalu ada interaksi.

    ReplyDelete
  25. Pada dasarnya filsafat itu adalah interpretasi terhadap interpretasi. Paul Ricoeur menyatakan bahwa hidup itu sendiri adalah interpretasi. Bila terdapat pluralitas makna, maka disitu interpretasi dibutuhkan. Berdasarkan diagram terlihat adanya bentuk lingkaran yang menggambarkan bahwa hidup itu dinamis. Dia akan berputar dan bergerak kemanapun kita mengarahkannya. Ini menggambarkan bahwa hidup yang baik harus ada keteraturan. Dalam hidup ada kaidah atau norma-norma tertentu.
    Abidin
    16709251002
    S2 Pmat A 2016

    ReplyDelete
  26. Khaerudin
    16701621009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Berhermenieutika itu interaksi antara diam dan gerak, takdir dan kodratnya melintasi ruang dan waktu sebagai awal dan akhir zaman dalam bahasa jawa seperti cokro manggilingan.

    ReplyDelete
  27. SHALEH
    S3 PEP/2016/KELAS A
    16701261010

    Sebenar-benar hidup adalah berjalan, bergerak (mengada), dan berproses menapaki hirarkhinya. Ia berjalan dari sifat material menuju pada sifat formal, kemudian bergerak menuju sifat normatif, dan tujuan akhirnya berproses menuju kepada sifat spiritual. Maka sebenar-benar hidup adalah kehidupan yang dilandasi spiritual yang dibangun dengan pondasi hirarkhi-proses yang kokoh.

    ReplyDelete
  28. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Hermenitika hidup sebuah proses berfikit dan menrjemahkan sesutu secara kritis. Dari gambar dia atas memberikan gambaran bagaimana proses hermenitika hidup, dimana kehidupan manusia terdiri dari aspek material, formatif, normatif dan spiritual. Proses hermenitika hidup dari ke-4 aspek tersebut terjadi bersifat siklik pada aspek formatif dan normatif. Siklik dalam artian bahwa manusia itu akan terus melakukan proses berfikir dan menerjemahkan (hermenitika hidup) secara kontinu terhadap segala hal yang terjadi dalam kehidupan yang dijalaninya sampai manusia itu mati. Namun proses hermenitika ini tidak bisa diterapkan dalam menerjemahkan aspek spiritual kaitannya dengan Tuhan terkait keberadaannya meliputi bagiamana wujudnya, rupanya, sifatnya dll karena manusia tidak akan pernah bisa menemukan jawabannya melainkan yang ada manusia itu akan keluar dari fikirannya dan tidak akan bisa kembali lagi karena aspek spiritual tidak bisa terjemahkan cukup hanya dengan diyakini dalam setiap diri manusia akan keberadaannya.

    ReplyDelete
  29. Soviyana Munawaroh Syidhi
    13301244020
    Pendidikan Matematika C 2013

    berdasarkan postingan diatas, saya dapat mengetahui bahwa hermenitika hidup sifatnya sklik dan linear. siklik dapat saya artikan bahwa hidup itu terus berputar dan terus terhubung, ada beberapa kondisi dimana kita sedang berada dalam puncak kesuksesan atau berada dalam titik terendah dalam hidup, dan siklus hidup setiap manusia tentu berbeda- beda, oleh karenanya tidak ada kehidupan yang flat atau datar tanpa adanya perubahan. Linear dapat diartikan sebagai garis lurus dimana hidup itu terus berjalan menembus ruang dan waktu dan kita tidak akan pernah bisa mengulang atau kembali ke satu titik yang telah kita lakukan. Oleh karena itu, Alangkah baiknya jika kita menjalani kehidupan ini dengan penuh " hati- hati" dan selalu melibatkan Tuhan dalam setiap langkah

    ReplyDelete
  30. Soviyana Munawaroh Syidhi
    13301244020
    Pendidikan Matematika C 2013

    Berdasarkan postingan diatas pula dapat terlihat struktur kehidupan yang berbentuk hirarki tersebut, yaitu material, formal, normatif, dan spiritual dimana material merupakan tingkatan terendah dan spriritual sebagai tingkatan tertinggi. Struktur ini sesuai dengan strukstur kehidupan bangsa Indonesia yang menempatkan aspek Spiritual pada ingkatan paling atas. dari struktur tersebut saya mengartikan bahwa derajat manusia itudilihat dari seberapa baik akhlaknya dan atau agamanya dan kekayaan materi, tahta, jabatan tidak serta merta menunjukkan orang tersebut baik dihadapan Tuhan

    ReplyDelete
  31. Soviyana Munawaroh Syidhi
    13301244020
    Pendidikan Matematika C 2013

    Berdasarkan postingan diatas pula dapat terlihat struktur kehidupan yang berbentuk hirarki tersebut, yaitu material, formal, normatif, dan spiritual dimana material merupakan tingkatan terendah dan spriritual sebagai tingkatan tertinggi. Struktur ini sesuai dengan strukstur kehidupan bangsa Indonesia yang menempatkan aspek Spiritual pada ingkatan paling atas. dari struktur tersebut saya mengartikan bahwa derajat manusia itudilihat dari seberapa baik akhlaknya dan atau agamanya dan kekayaan materi, tahta, jabatan tidak serta merta menunjukkan orang tersebut baik dihadapan Tuhan

    ReplyDelete
  32. Soviyana Munawaroh Syidhi
    13301244020
    Pendidikan Matematika C 2013

    berdasarkan postingan diatas, saya dapat mengetahui bahwa hermenitika hidup sifatnya sklik dan linear. siklik dapat saya artikan bahwa hidup itu terus berputar dan terus terhubung, ada beberapa kondisi dimana kita sedang berada dalam puncak kesuksesan atau berada dalam titik terendah dalam hidup, dan siklus hidup setiap manusia tentu berbeda- beda, oleh karenanya tidak ada kehidupan yang flat atau datar tanpa adanya perubahan. Linear dapat diartikan sebagai garis lurus dimana hidup itu terus berjalan menembus ruang dan waktu dan kita tidak akan pernah bisa mengulang atau kembali ke satu titik yang telah kita lakukan. Oleh karena itu, Alangkah baiknya jika kita menjalani kehidupan ini dengan penuh " hati- hati" dan selalu melibatkan Tuhan dalam setiap langkah

    ReplyDelete
  33. Retno Widyaningrum
    16701261004
    PEP A 2016
    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa yunani hermeneuien yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Jika dirunut lebih lanjut, kata kerja tersebut diambil dari nama Hermes, dewa Pengetahuan dalam mitologi Yunani yang bertugas sebagai pemberi pemahaman kepada manusia terkait pesan yang disampaikan oleh para dewa-dewa di Olympus .

    ReplyDelete
  34. Retno Widyaningrum
    16701261004
    PEP A 2016
    Adatiga pendapat mengenai hermeneutika:
    (1) Hermeneutika khusus (regional hermeneutics) yaitu hermeneutika sebagai cabang dari disiplin ilmu. Setiapmedan ilmu mempunyai hermeneutikanya masing-masing dan digunakan untuk medannya yang khusus sesuai bidang ilmunya.
    (2) Hermeneutika umum (general hermeneutics) yaitu hermeneutika yang tidak terkait dengan cabang ilmu-ilmu tertentu. Hermeneutika ini menggabungkan semua cabang ilmu untuk memahami. Pelopornya adalah Freidrich Schleirmacher (1768-1834 M). Hermeneutika ini tersusun darai kaidah-kaidah dan dasar-dasar umum yang berisi berbagai macam ilmu pengetahuan yang mengontrol proses pemahaman secara benar.
    (3) Hermeneutika filsafat (hermeneutical philosophy). Obyeknya bukan teks yang dipahami, tetapi pemahaman itu sendiri yang ditempuh dengan perenungan filosofis. Hermeneutika ini tidak mengenal kaidah-kaidah untuk mencapai kebenaran pemahaman, melainkan tidak mengenal kebenaran melalui metode ilmiah.

    ReplyDelete
  35. Retno Widyaningrum
    16701261004
    PEP A 2016
    Hermeneutika hidup merupakan siklik, linear, dan spiral, diamana siklik dalam Hermeneutika hidup pada material dan formal sedangakan Hermeneutika hidup pada normatif linear menuju spiritual, Spiral secara realistik pada hermeneutika kehidupan normatif. Tingkatan hermeneutika hidup terendah mulai material normatif dan yang paling tinggi adalah spiritual. Tapi saya juga belum jelas arti dan makna sebenarnya secara detail itu hanya pembacaan sederhana/sekilas.

    ReplyDelete
  36. Ika Dewi Fitria Maharani
    PPs UNY P.Mat B
    16709251027

    Selama kita hidup di dunia maka strukrurnya akan selalu bersifat plural, berbeda ketika kita sudah di akhirat yang bersifat singular. Karena dunia ini terdiri dari yang ada dan yang mungkin ada, maka komponennya selalu berdimensi hierarki : material, formal, normatif, dan spiritual. Setiap fenomena itu akan berhermenitika, dan itu tidak hanya satu struktur.

    ReplyDelete
  37. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Hermeneutika hidup adalah suatu proses menginterpretasi teks-teks yang ada dalam dalam kehidupan kita. Teks-teks ini adalah semua yang ada dan yang mungkin ada. Teks-teks kehidupan ini memiliki struktur sifat dan hierarki masing-masing. Struktur kehidupan yang dianut oleh masyarakat dunia timur meletakkan aspek material pada posisi paling bawah, diikuti formal, kemudian normatif dan spiritual. Semua yang ada dan yang mungkin ada dalam dalam masing-masing struktur perlu diinterpretasi dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan kehidupan yang berkualitas.

    ReplyDelete
  38. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Hermenetika hidup meliputi 4 hal, yaitu spiritual, normatif, formal, material. Seluruh aspek tersebut saling mempengaruhi atau terdapat hubungan sebab akibat antar keempat hal tersebut. Hal spiritual yang digambarkan posisi paling atas, merupakan hal yang paling penting. Karena aspek spiritual akan memberikan pengaruh yang besar dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  39. Prof.,
    Selamat malam.
    Beberapa dosen saya di studi sebelumnya juga menjelaskan mengenai hermeneutika. Konsep ini susah kami terima saat dikaitkan dengan analisis pada sebuah puisi dan karya fiksi lainnya. Prof., hermeneutika bukankah berarti pencarian teori dari suatu teks, menafsir agar teks tersebut dapat dipahami. Hermeneutika memerlukan bahasa sebagai perantara lewat tindakan memahami.
    Saya ingin menanyakan, bagaimana validitas dari hasil kajian hermenutika pada sebuah karya fiksi yang notabene memiliki sifat arbitrer mutlak? Kevalidan jawaban peserta didik susah dihomogenitaskan, sedangkan menurut saya kekuatan heterogenitas dari hasil analisis anak didik merupakan kekayaan imaji.
    Di sudut kota Jogja yang mendung ini, saya ingin mengonfirmasi keberadaan hermeneutika dalam bahasa merupakan awal dari pemahaman. Sedangkan bahasa disusun dari pengalaman, jadi hermeneutika adalah dasar dari pengalaman atau malah sebaliknya?


    Dari sudut kota Yogya Mendung
    Ananda
    Memet Sudaryanto
    16701261005
    PEP A 2016

    ReplyDelete
  40. Hermeneutika dari sebuah karya sastra adalah suatu usaha untuk menjelaskan, menginterpretasikan dan menerjemahkan isi teks sastra yang bersifat arbriter. Karya sastra apakah perlu ditafsir agar dapat dipahami para penikmatnya? Kadang kala, kami para pecinta sastra kok malah menikmati sastra yang tidak bisa dipahami? Bahasa membantu manusia memahami karya sastra tersebut. Kegiatan pemahaman dan tradisi dijembatani oleh tradisi yang sama.

    Konsep yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana hubungan hermeneutika terhadap keberagaman sebuah keabriterean karya. Menjadi klise ketika kebebasan berabriter yang dimiliki oleh setiap orang akhirnya dibatasi oleh definisi hermeneutika. Ataukah saya yang belum sepenuhnya memahami konsep hermeneutika?
    Tapi pada akhirnya, saya membaca bahwa konsep hermenutika sebagai sebuah fenomena akhirnya memiliki kebebasan tafsir.
    Matur nuwun Prof.ilmunya..

    Dari sudut kota Yogya Mendung
    Ananda
    Memet Sudaryanto
    16701261005
    PEP A 2016

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Maksudnya adalah bahwa manusia hidup tidak langsung mengenal teori, namun memulainya dari praktik. Anak umur 1 tahun tidak mungkin diajarkan berjalan dengan menjelaskan tentang teori berjalan. Mereka belajar praktik, dengan bantuan intuisi, bukan teori. Secara bertahap, sesuai dengan perkembangan usia dan cara berpikir manusia, mereka akan mulai menyentuh ranah teori. Semua itu berputar membentuk spiral yang tak pernah putus. Maksudnya, kita memulai belajar dengan praktik dan intuisi, lalu saat mencapai puncak pemahaman, kita menyentuh ranah teori. Namun saat bertemu dengan hal baru, maka kita memulainya kembali dari ranah praktek dan intuisi. Begitu seterusnya hingga akhir hidup manusia.

    ReplyDelete
  43. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Hermenitika dalam pembelajaran matematika mirip dengan hermenitika hidup. Guru tidak mungkin memberikan pure mathematics pada siswa. Guru harus mengubah pure mathematics ke dalam bentuk school mathematics terlebih dahulu sebelum mengenalkannya pada siswa. School Mathematics itulah yang digambarkan sebagai matematika horisontal, sedangkan pure mathematics itulah matematika vertikal.

    ReplyDelete
  44. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Di dalam Hermeneutika terdapat dua unsur dasar, yaitu lurus dan melingkar. Lurus karena kita tidak pernah mengulangi hal yang sama semuanya menembus ruang dan waktu. Sedangkan dikatakan melingkar karena adanya interaksi. Hermeneutika ini juga dapat diartikan bahwa suatu cara menerjemahkan dan diterjemahkan tentang segala hal apapun. Mengenai metode tersebut, terdapat nilai-nilai yang tersirat yang terkandung di dalamnya. Implementasi dari metode hesmenetika dalam proses pembelajaran matematika ini diharapkan siswa dapat mengeksplor potensi kecerdasan maupun intelektualnya lebih mendalam, sehingga siswa dapat mandiri dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  45. ANDI SRI MARDIYANTI SYAM
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah
    Assalamu Alaikum Wr. Wb.,

    Hermenitika kehidupan baik yang ada maupun yang mungkin ada dapat ditinjau dari sisi spiritual. Salah satunya diturunkannya berbagai kitab suci sebagai pedoman ummat manusia melalui para nabi. Taurat diturunkan kepada Nabi Musa AS, Zabur diturunkan kepada Nabi Daud AS, Injil kepada Nabi Isa AS dan Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW. Juga terkait adanya surga dan neraka yang belum dilalui oleh ummat manusia. Walaupun belum dilalui, kita sebagai orang yang beragama harus memiliki keyakinan terhadap hal tersebut karena menjadi salah satu indikator keimanan kita.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  46. ANDI SRI MARDIYANTI SYAM
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah
    Assalamu Alaikum Wr. Wb.,

    Kehidupan memang tersusun atas unsur yang beragam dan begitu kompleks. Misalnya saja aturan yang berlaku di masyarakat. Terdapat aturan agama (spiritual). Aturan-aturan yang datangnya dari Tuhan melalui Rasul-Nya untuk membimbing ummat manusia. Ada pula aturan normatif. Hasil kesepakatan manusia. Ataupun Aturan formal, yakni disepakati, tertulis dan disahkan oleh masyarakat dalam suatu kelembagaan. Berbagai aturan tersebut disepakati agar tercipta keseimbangan dan mencegah kerusakan atas ulah-ulah tak bertanggung jawab manusia.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  47. ANDI SRI MARDIYANTI SYAM
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah
    Assalamu Alaikum Wr. Wb.,

    Hermeneutika, salah satu kajian filsafat dalam menginterpretasikan makna. Menurut saya, sangat sulit untuk kita bayangkan betapa beragamnya jika hermenitika ini kita terapkan pada setiap struktur. Terlebih terhadap struktur yang ada dan yang mungkin ada. Hal yang tidak dapat dihindari setelah mengaplikasikan prinsip-prinsip Hermeneutik adalah bagaimana menyampaikan kebenaran yang kita dapatkan dari hasil penafsiran itu kepada orang lain dengan cara yang benar dan menarik. Oleh karena itu Homelitik (Ilmu berkotbah) adalah ilmu yang juga tidak dapat dilepaskan dari Hermeneutik.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  48. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Di dalam hidup ini banyak sekali “ada” dan lebih babnyak lagi yang “mungkin ada”. Berbagai yang ada dan mungkin ada digolongkan ke dalam empat dimensi besar yakni material, formal, normatif, dan spiritual.
    Gambar di atas hampir mirip dengan gambar hermenetika pembelajaran matematika. Dimana terdapat garis yang bersifat lurus dan melingkar. Garis lurus dipahami bahwa hidup akan terus berjalan tanpa diulangi kembali seangkan garis melingkar berarti terjadi pengulangan. Hal terpenting dalam hermentika hidup atau yang berarti interpretasi makna hidup yakni menyadari bahwa struktur bersifat plural dan tidak hanya satu.

    ReplyDelete
  49. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Pada diagram di atas hermeunitika hidup terdapat 2 bentuk yaitu spiral atau melingkar dan garis lurus. Melingkar atau spiral karena berasal dari proses pengalaman hidup manusia yang terjadi berulang-ulang. Serta garis lurus melambangkan bahwa hal yang dialami tersebut tidak dapat terulang lagi, misalnya waktu yang terus maju dan tidak pernah kembali. Di sisi lain hermeunitika hidup juga terdapat sebuah struktur di dalam kehidupan yaitu spiritual, normatif, formal dan material. Ini menggambarkan bahwa keempatnya dapat dijalankan sesuai dengan tingkatan masing-masing.

    ReplyDelete
  50. Umi Arismawati
    13301241032
    Pendidikan Matematika A 2013

    Hermenitika hidup meliputi komponen spiritual, normatif, formal, dan material. Sesuai diagram tersebut, dalam hermenitika hidup terdapat dua komponen yaitu siklis dan linear

    ReplyDelete
  51. Dari diagram itu yang bisa saya simpulkan adalah bahwa kehidupan kita itu seperti garis lurus yang akan terus berjalan maju ke depan, artinya sesuatu yang telah kita lewati tak akan pernah kembali atau terulang lagi dengan yang sama persis. Kehidupan itu juga seperti sebuah lingkaran, artinya kehidupan yang kita jalani ini seperti roda yang selalu berputar, kadang kita berada di bawah dan kadang berada di atas, yang mana dalam tiap perputarannya terjadi interaksi antar manusia. Selain itu, struktur dunia seperti yang telah dijelaskan di atas menggambarkan bahwa pada akhirnya aturan Tuhan (spiritual) merupakan aturan yang paling tinggi dalam kehidupan ini.

    M. Saufi Rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  52. Setelah membaca dan mengamati Diagram Hermenitika Hidup yang dibuat oleh Bapak Prof. Dr. Marsigit, M.A. dengan saksama, maka saya berpendapat bahwa hermenitika hidup yang berstruktur yang meliputi yang ada dan yang mungkin ada itu dibentuk oleh sebuah iterpretasi terhadap sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Apakah diinterpretasi secara formal atau secara formatif?.

    Muhlis Malaka
    16701269003
    S3 PEP A 2016

    ReplyDelete
  53. Interpretasi terhadap materi (teks-teks) secara formatif atau formal dalam rangka mencapai komponen spiritual dan seterusnya secara siklik.

    Muhlis Malaka
    16701269003
    PEP A 2016

    ReplyDelete
  54. Dian Rizki Herawati
    PMA 13
    13301241057

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna.

    ReplyDelete
  55. Dwi Adityas Rarasati
    13301242015
    PMI 2013

    Hermeneutika adalah satu disiplin yang berkepentingan dengan upaya memahami makna atau arti dan maksud dalam sebuah konsep pemikiran. Dalam hal tersebut, masalah apa makna sesungguhnya yang dikehendaki oleh teks belum bisa kita pahami secara jelas atau masih ada makna yang tersembunyi sehingga diperlukan penafsiran untuk menjadikan makna itu transparan, terang, jelas, dan gamblang.

    ReplyDelete
  56. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016

    Sesuai dengan peta hermenitika hidup di atas, bahwa manusia dalam proses kehidupan nya menngalami 2 proses yaitu horizontal dan vertikal dan berproses secara siklik dan linear. Secara horizontal ia dengan sesamanya yang memiliki struktur hirarkhi (material, formal , normatif, spiritual) dan berjalan secara siklik dan linear. Sedangkan proses vertikal adalah ia dengan Tuhannya yang menghambakan diri berproses secara struktur dan berjalan secara siklik linear juga. Tingkatan hermeneutika hidup terendah mulai material normatif dan yang paling tinggi adalah spiritual.

    ReplyDelete
  57. Defy kusumaningrum
    13301241022
    Pedidikan Matematika A 2013

    Dalam hermenitika hidup tersebut dapat kita lihat bahwa sesuatu yang kita lakukan bersifat dua macam. Ada yang sifatnya lurus tapiu ada juga yang sifatnya berputar-putar terus menerus. Tetapi sama-sama menuju 1 tujuan.

    ReplyDelete
  58. Nur Anisa Dika Maharani
    13301241030
    Pendidikan Matematika I 2013

    Struktur Dunia meliputi yang ada dan yang mungkin ada; satu diantaranya adalah struktur yang saya gunakan untuk membuat diagram di bawah ini yang meliputi komponen berdimensi hirarkhi: material, formal, normatif, dan spiritual. Kita dapat membayangkan betapa banyak fenomena hermenitika yang terjadi jika kita menerapkannya pada setiap struktur yang ada dan yang mungkin ada. Selama kita masih di dunia dan masih bericara tentang urusan-urusan dunia maka kita mendapatkan Struktur yang bersifat plural.
    Awalnya saya kurang mengerti dengan gambar diatas, kemudian saya ingat Profesor pernah menjelaskan bahwa dalam hidup ini hidup akan terus berjalan (bersifat kontinu) dan akan selalu ada interaksi didalamnya. Mungkin itulah mengapa hidup memiliki dua unsur dasar yaitu panah/ lurus dan siklik/ melingkar.

    ReplyDelete
  59. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Struktur hermenetika kehidupan ditinjau dari sisi normatif yang ada dan yang mungkin ada. Sisi normatif yang ada berupa sikap manusia yang beraneka ragam dimana kita harus dapat menerima satu sama lain. Sikap bijak untuk dapat menerima dan saling menghargai satu sama lain inilah yang semakin hilang dan yang muncul hanyalah sikap radikalisme dan sikap fanatisme terhadap salah satu mahzab yang menyebabkan bom waktu yang siap meledak kapan saja bila terjadi gesekan satu sama lain. Sedangkan hal yang mungkin ada dari hermenitika adalah output dari suatu proses interaksi yang dilakukan oleh manusia. Manusia kemungkinan akan menjadi manusia yang baik ataupun manusia yang jahat dari proses interaksi yang dilakukannya selama dia terikat oleh ruang dan waktunya.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  60. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    struktur hermenitika kehidupan ditinjau dari sisi formalitas juga meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Semua peraturan yang telah tertulis didalam ruang dan waktu merupakan sesuatu yang ada dari formalitas. Ingin mengajukan sesuatu semua punya syarat yang harus dipenuhi dalam bentuk formal. Misalnya ingin melamar pekerjaan tentunya dalam sisi formalitas ada banyak syarat yang harus dilampirkan seperti fotocopy KTP, Riwayat Hidup atau curriculum vitae, semua piagam dan sertifikat yang pernah kita peroleh, dsb. Sedangkan sesuatu yang mungkin ada yakni peraturan-peraturan yang belum tertulis dan belum diakui secara formal namun kita telah mengetahui etik dan estetikanya, namun kalau yang ini tentunta tiap daerah mempunyai etik dan estetika yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  61. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Struktur hermenitika kehidupan ditinjau dari sisi material juga terdiri dari yang ada dan yang mungkin ada. Sesuatu yang ada misalnya segala sesuatun itu diukur dengan materi, tingkat kemampanan diukur dengan materi, semua jasa yang ingin didapatkan diukur dengan materi, tidak ada lagi gotong royong didalam pekerjaan, yang ada semuanya bersifat profesional.Jadi material ini merupakan hermenitika terendah dalam tinjauan akhlak manusia. Manusia menjadi makhluk sosial yang bersifat individualistis dan materialistis karena semuanya dikur dengan materi (uang).

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  62. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Hermenetika hidup terdiri dari dua unsur yaitu garis lurus dan melingkar. Garis lurus menggambarkan bahwa hidup tidak akan pernah mengulangi hal yang sama, semuanya menembus ruang dan waktu. Sedangkan melingkar artinya berinteraksi. Struktur dunia itu materi, diatasnya formal, diatasnya normatif, diatasnya spritual. Spritual yang paling atas dan melingkupi semuanya, tidak ada yang terlewatkan. Maka jika kita ingin menggapai hermenenitika dalam hidup, kita harus berusaha seimbang dalam setiap struktur dan unsur-unsur dunia.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  63. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    hermenetika dalam hidup terdiri atas 4 yaitu material, formal, normatif dan spiritual. Ketika kita membagi 2 maka dalam ranah yang berkutat dalam hidup sesama manusia selalu meninjau material dan formal hingga menjadikannya sebagai lingkaran yang tiada akhirnya, dan apabila kita tinjau ke ranah kedua yaitu normatif dan spiritual yang melihat bagaimana posisi manusia dengan Tuhannya maka ranah spiritual lah yang paling tertinggi diantara yang lain.

    ReplyDelete
  64. Musa Marengke
    S3 PEP Kelas A, 2016
    Hermeneutika berkaitan dengan daya tafsir manusia atas struktur kehidupan sementara kehidupan sendiri terdiri dari yang ada dan mungkin ada,

    ReplyDelete
  65. Musa Marengke
    S3 PEP Kelas A, 2016

    Kehidupan ini perlu ditafsir berdasarkan tafsiran formal dan tafsiran non formal. Didalam filsafat tafsirran itu bisa berdimensi dan tidak berdimansi Oleh karena itu, hermeneutik berkembang untuk dijadikan pisau pengetahuannya

    ReplyDelete
  66. Luthfannisa Afif Nabila
    13301241041
    Pendidikan Matematika A 2013
    Terima kasih Pak Marsigit yang telah membuat peta atau diagram Hermenitika Hidup. Akan tetapi mohon maaf pak saya benar-benar bingung bagaimana cara membaca peta tersebut. Tentunya terima kasih Pak Marsigit, peta tersebut sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  67. Hermenitika hidup adalah mengungkapkan sesuatu yang tadinya masih dalam pikiran kita melalui kata-kata atau menjelaskan secara rasional sesuatu yang sebelumnya masih samar-samar sehingga maknanya dapat dimengerti. Hermenitika hidup terdiri dari unsur material, formal, normatif dan spiritual dalam bentuk-bentuk tersendiri seperti circle, spiral dan vertikal line. Namun semuanya memerlukan pemahaman yang baik karena hermenitika hidup merupakan bagian dari filsafat yang merupakan ilmu olah pikir.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  68. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Jika dilihat dari penciptaan manusia di muka bumi ini, sepertinya cocok. Pertama, Allah menciptakan bumi dan material-material untuk kehidupan, kemudian turunlah Adam. Menjalin hubungan secara formal dengan Hawa, lalu belajar tentang norma-norma. Akhirnya Adam dan Hawa kembali lagi kepada Ilahi. Spiritual yang tertinggi adalah bertemu dengan Sang Pencipta. Hermenitika hidup itu spiral dan membesar karena menurut saya kehidupan akhirat itu kekal. Makanya digambar panah linear ke atas tak ada ujung.
    Jika di budaya Jawa, ada istilah Tembang Macapat yang merepresentasikan siklus hidup manusia. Boleh secara teks atau interpretasi bagaimana cara kita memaknai kehidupan. Kira-kira begitulah menurut olah pikir saya. Mohon maaf banyak kekurangan.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  69. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Hidup itu berhermenitika, bersilaturahim, atau berinterkasi. Hidup itu memiliki dimensi, yaitu dari material, formal, normatif, sampai spritual yang memiliki kedudukan tertinggi. Hidup adalah fenomena siklik dan linier, dimana siklik itu berputar seperti senin ketemu senin sedangkakn linier tidak bisa mengulangi tanggal sekarang atau waktu sekarang. Manusia itu berhermenitika dan belajar juga termasuk berhermenitika. Maka manusia harus terus belajar, berinteraksi dan membangun pengetahuan-pengetahuan baru.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  70. Praneswari Kusuma Dewi
    13301241033
    Pendidikan Matematika A 2013

    Digaram di atas merupakan salah satu contoh struktur dunia, yang merupakan bagian dari yang ada dan yang mungkin ada. Material menuju formal, formal menuju normatif, dan normatif menuju spiritual. Tiga dimensi kehidupan di atas (material, formal, normatif) memiliki tujuan utama yaitu spiritual. Ketiganya bergerak ke arah spiritual. Manusia hidup membutuhkan material, dengan material manusia bisa menjelajahi dunia formal, dan dalam dunia formal ini hidup manusia diatur oleh serangkaian norma, sehingga terciptalah kehidupan yang normatif. Norma-norma itu merupakan serangkaian aturan, hukum yang mengatur kehidupan manusia sehingga tercipta tatanan hidup yang kondusif. Norma-norma ini tidak lepas dari tujuan spiritualnya, yaitu dekat dengan Tuhan Semesta Alam. Jadi, material, formal, normal, dibutuhkan agar manusia bisa lebih dekat dengan Tuhannya, yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  71. Diagram kehidupan di atas juga menunjukkan bahwa hidup manusia senantiasa bergerak maju. Dalam pergerakan ini akan selalu ada perubahan dalam hidup manusia. Entah itu berubah menjadi lebih baik atau sebaliknya. Oleh karenanya manusia harus berusaha semaksimal mungkin untuk menggapai capaian terbaiknya, tidak hanya untuk dunia tetapi juga untuk akhirat. Maka hendaknya spiritualitas harus senantiasa dibangun dan dijaga. Diletakkan di tempat teratas, yang melingkupi semua yang ada di bawahnya. Karena dari sekian banyak tujuan hidup yang dibuat manusia di dunia, semua muaranya adalah kehidupan akhirat yang kekal lagi abadi, serta ampunan dan ridho dari Sang Ilahi.

    ReplyDelete
  72. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    hermenetika dalam hidup terdiri atas 4 yaitu material, formal, normatif dan spiritual. Ketika kita membagi 2 maka dalam ranah yang berkutat dalam hidup sesama manusia selalu meninjau material dan formal hingga menjadikannya sebagai lingkaran yang tiada akhirnya, dan apabila kita tinjau ke ranah kedua yaitu normatif dan spiritual yang melihat bagaimana posisi manusia dengan Tuhannya maka ranah spiritual lah yang paling tertinggi diantara yang lain.

    Hermeneutika dalam postingan di atas, terdiri atas 4 bagian, yaitu aspek material, formal, normatif, dan spiritual. Masing-masing tingkatan memiliki karakteristik yang berbeda dari yang lainnya. Dari 2 tingkat yang paling bawah, yaitu aspek material dan formal, yang menurut saya bahwa aspek tersebut manusia masih memandang bahwa kehidupan ini hanyalah untuk kebahagiaan materi. Sedangkan 2 aspek dari atas yaitu normatif dan spiritual, bahwa manusia memandang bahwa kehidupan merupakan suatu “jembatan” untuk memperoleh kebahagiaan yang kekal, yaitu akhirat.


    Adapun dampak yang ditimbulkan penggunaan Hermeneutika dalam Al-Qur’an yaitu menurut nasroel (2009) Menerapkan konsep hermeneutika dalam Al Quran, bisa mengaburkan makna-makna dalam Al Quran itu sendiri, yang Qat’i bisa jadi Dzanni, muhkam bisa jadi mutasyabihat, yang muthlaq bisa berubah menjadi muqayyad, dan lain sebagainya. Begitu juga konsep hermeneutika yang menganggap teks sebagai muntaj tsaqafi (produk budaya). Konsep ini sangat bergandengan erat dengan kitab lain, mengingat kitab lain dalam sejarahnya sangat problematik. Namun merupakan kesalahan yang besar jika hermeneutika dipaksakan dalam memahami Al Quran, karena Al Quran bukan produk budaya, bukan perkataan Rasul, bukan buatan Utsman tapi Al Quran adalah kalamullah. Azza Wa jalla.

    Wallahu a’lam.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    ReplyDelete
  73. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Hidup itu adalah sebuah proses, di dalam nya terdapat berbagai unsur, mulai dari yang ada sampai ke yang mungkin ada. bagaimana hermenetika dalam hidup itu adalah kaitannya dengan unsur-unsur yang ada dan yang mungkin ada tersebut. unsur-unsur yang ada dan yang mungkin ada tersebut adalah dalam aspek material, formal, normatif, dan yang paling tinggi adalah spiritual.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id