Nov 8, 2014

Peta 3 - Peta Pendidikan Dunia _ dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 3).

Catatan: Tiga kolom sebelah kiri, mengimplementasikan Pendidikan dengan sangat Formal; sedangkan dua kolom sebelah kanan mengimplementasikan Pendidikan meliputi Formal dan Informal dengan mengembangkan Variasi Metode, Variasi Interaksi, dan variasi Media

51 comments:

  1. Ika Dewi Fitria Maharani
    PPs UNY P.Mat B
    16709251027

    Jika melihat sistem Pendidikan di Indonesia itu sangat bervariasi, kita tidak bisa mengambil kesimpulan seperti apa pendidikan di Indonesia. Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas, meliputi kota-kota yang maju maupun desa yang tertinggal. Ada sekolah yang bisa menerapkan pembelajaran yang meliputi Formal dan Informal dengan mengembangkan Variasi Metode, Variasi Interaksi, dan variasi Media. Namun juga ada sekolah yang untuk bisa sekolah saja syukur. Tapi di sisi lain Indonesia masih menerapkan sistem ujian yang sama yaitu ujian nasional untuk usaha menyamaratakan pendidikan.

    ReplyDelete
  2. Firda Listia Dewi
    16701251014
    PEP S2 Kelas B

    Pendidikan yang ideal adalah pendidikan yang meliputi Formal dan Informal. Pendidik harus mampu dalam mengembangkan variasi Metode, Interaksi, dan Media. Variasi diperlukan supaya adanya keanekaan yang bertujuan untuk menjadikan sesuatu tidak monoton. Variasi Metode, Interaksi, dan Media bertujuan untuk mengatasi kejenuhan pada peserta didik maupun pendidik sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

    ReplyDelete
  3. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Seperti yang disampaikan pada tabel (bagian ke tiga)/peta pendidikan dunia yang di sampaikan oleh Prof. Marsigit. menunjukkan bahwa pendidikan kita saat ini masih bertaraf pendidikan dengan sangat Formal, sedangkan yang harus kita capai adalah pendidikan yang meliputi Formal dan Informal dengan mengembangkan Variasi Metode, Variasi Interaksi, dan variasi Media. mengapa pendidikan di indonesia masih dalam lingkup yang formal saja? karena kita di bebani oleh UN yang sejatinya beban dari setiap guru, sehingga guru enggan melakukan dan mengembangkan Variasi Metode, Variasi Interaksi, dan variasi Media dalam pembelajaran, guru enggan berinovasi dalam pembelajaran karena apapun inovasinya tetap kriteria keberhasilan mengarah kepada UN, sehingga guru enggan membuat inovasi dalam pembalajaran, sehingga kita masih berada dalam ranah formal, padahal seharusnya pendidikan itu meliputi formal dan informal. semoga kedepannya pendidikan kita bisa menjadi lebih baik lagi. Amiin.

    ReplyDelete
  4. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Pembelajaran yang sangat formal berarti tidak adanya variasi dalam mengajar atau hanya menyampaikan materi dengan menggunakan metode ceramah (ekspositori) yang nantinya akan membuat siswa cenderung hanya akan terfokus untuk menyelesaikan soal-soal matematika untuk memperoleh pengakuan (ijazah) tanpa ada kreativitas untuk mengembangkan pengetahuannya. Sedangkan apabila pembelajaran diterapkan dengan mengkombinasikan formal dan informal maka pendekatan pembelajaran yang digunakan bersifat kontruktivisme yang nantinya diharapkan dapat mendorong siswa untuk menemukan dan membangun sendiri pengetahuannya tentang matematika, sehingga siswa lebih dibebaskan untuk mengembangkan pengetahuan dan kreativitasnya dalam berpikir.

    ReplyDelete
  5. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika C 2013

    dari postinga di atas, saya jadi mengetahui peta 3 pendidiakn di indonesia, di peta tersebut, memebrikan motivasi saya khususnya dan kita semua umumnya sebagai mahasisw pendidikan matematika dan pendidik matematiak untuk bisa mengemabngkan kegiatan pendidikan mulai dari LKS, media embelajaran, alur pbm yang variastif, inovatif dan kreatif sehingga siswa bisa aktif dalam belajar dan tidak hanya sebagai empty vessel yang hanay menrima, tapi mnedorong atau menarik mereka untuk mencari ilu tersebut, dengan muncul sikap kreatife tersebut diharaapkan siswa bisa menjadikannya sebagai alat untuk problem solving dalam kehidupan seharinya. terimaksih pak

    ReplyDelete
  6. Andina Yuliana Dewi
    13301241007
    P.Matematika I 2013

    Untuk mencapai sistem pendidikan Indonesia yang ideal, diharapkan pendidikan meliputi formal dan informal dengan menggunakan variasi metode, variasi media, serta variasi cara interaksi. Dengan adanya variasi berikut diharapkan siswa tidak jenuh dalam pembelajaran. Sebagai calon guru, suatu motivasi untuk saya kelak agar bisa menjadi guru yang bervariasi metode mengajarnya, menggunakan banyak media, serta interaksi yang tidak monoton kepada murid-murid saya. Agar tercipta pembelajaran yang menyenangkan serta meaningful learning.

    ReplyDelete
  7. Harsiti Indrawati
    13301241021
    Pendidikan Matematika A 2013

    Memang masih sulit dalam penerapan pendidikan yang mengembangkan metode yang beragam. Masih banyak kendala yang muncul dalam penerapanpembelajaran yang demokratis serta dengan diskusi sebagai jalan keluar permasalahan siswa di kelas. Entah dikarenakan banyaknya materi yang harus diberikan kepada siswa dengan alokasi yang sedikit ataupun permasalahan lainnya. Siswa cenderung masih diberikan latihan-latihan yang menuntut kerja keras lebih. Dalam kurun waktu yang sebentar mungkin memnag akan membantu siswa dalam memahami materi. Tapi juga terdapat kelemahan di antaranya krativitas anak yang melemah.

    ReplyDelete
  8. Muhamad arfan septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Seperti yang disampaikan pada tabel bagian ke tiga peta pendidikan dunia yang di sampaikan oleh Prof. Marsigit.Pembelajaran yang sangat formal berarti tidak adanya variasi dalam mengajar atau hanya menyampaikan materi dengan menggunakan metode ceramah ekspositori yang nantinya akan membuat siswa cenderung hanya akan terfokus untuk menyelesaikan soal-soal matematika untuk memperoleh pengakuan ijazah tanpa ada kreativitas untuk mengembangkan pengetahuannya.

    ReplyDelete
  9. Muhamad arfan septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Dengan adanya variasi berikut diharapkan siswa tidak jenuh dalam pembelajaran. Sebagai calon guru, suatu motivasi untuk saya kelak agar bisa menjadi guru yang bervariasi metode mengajarnya, menggunakan banyak media, serta interaksi yang tidak monoton kepada murid-murid saya. Agar tercipta pembelajaran yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  10. Andhita Wicaksono Nugroho
    13301241065
    Pendidikan Matematika C 2013

    Terima kasih Pak, postingan ini sangat bermanfaat bagi saya dalam mencari ilmu

    ReplyDelete
  11. Teduh Sukma Wijaya
    13301241073
    Pendidikan Matematika C 2013

    Pendidik harus mampu dalam mengembangkan variasi Metode, Interaksi, dan Media. Variasi diperlukan supaya adanya keanekaan yang bertujuan untuk menjadikan sesuatu tidak monoton.

    ReplyDelete
  12. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    Pendidikan Matematika A / S2

    Implementasikan pendidikan dengan sangat formal terjadi pada komponen cita-cita yang ingin mewujudkan bangsa Indonesia sebagai industrial trainer, technological pragmatice, dan old humanist. Hal ini ditegaskan pada tujuan pendidikan dari masing-masing ketiganya secara berurutan yakni back to basic, certification dan transfer of knowledge. Sementara implementasi pendidikan pada komponen progressive, dan public educator tidaklah formal secara keseluruhan melainkan campuran antara formal dan nonformal dengan mengembangkan variasi Metode, variasi interaksi, dan variasi media.

    ReplyDelete
  13. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Semoga bangsa kita bisa mewujudkan pendidikan berlandaskan demokrasi Pancasila yang menganut: Filsafat Pancasila; ideologi Pancasila; Politik Pancasila; Moral Pancasila; Sosial Bhineka-Tunggal Ika; Budaya/Karakter Jati Diri Indonesia; Hakikat ilmu Saintifi-Spiritualisme; Epistemologi Pendidikan berlandasakan Pancasila; Kurikulum Hermenitika Hidup berlandaskan Pancasila; Tujuan Pendidikan Memperoleh hidup selamat, sejahtera seutuhnya lahir batin serta dunia akhirat; Teori Mengajar Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri denagn tawakkal; Teori Belajar Membangun ilmu tumaninah,istiqomah dan tawakkal; Peran guru Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri denagn tawakkal; Kedudukan Siswa Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri denagn tawakkal; Teori Evaluasi Refleksi Hidup; Sumber/Alat Belajar Alam Semesta Ciptaan Tuhan. Amin

    ReplyDelete
  14. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Setiap ideologi, akan menentukan kemana metode dan arah tujuan pendidikan. Seperti pada tabel di atas dimana setiap tujuan, akan diimplementasikan dengan metode tertentu.

    Adapun dalam implementasi pendidikan di Indonesia, harapannya dapat mencakup tujuan pendidikan yaitu menciptakan generasi yang berakidah yang baik, berkepribadian luhur, dan menguasai IPTEK. Maka, perlu adanya suatu “wadah” agar tercapai tujuan pendidikan seperti itu. Tidak lain yaitu pendidikan yang mengetahui bagaimana keadaan manusia baik fitrah maupun naluri. Menurut saya, hanya sistem pendidikan islam saja yang dapat memenuhi kriteria tersebut.

    Begitupula dengan pendidikan indonesia yang sekarang, maka diaruskan kearah pendidikan tersebut atau paling tidak bisa menciptakan kegiatan atau proses pembelajaran yang bervariasi.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  15. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    Tujuan pendidikan matematika sudah sangat jelas dijabarkan pada kurikulum yang berlaku di Indonesia. Back to basic, certification, dan transfer of knowledge sudah ada pada kurikulum sebelumnya. Perkembangan kurikulum saat ini yaitu pada tujuan untuk mengembangkan kreativitas dan kompetensi, walaupun pada pelaksanaannya untuk mengembangkan kreativitas dinilai susah. Hal ini bisa saja dikarenakan cara mengajar yang dilakukan belum sesuai dengan kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  16. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    Kurikulum 2013 yang dilaksanakan di Indonesia sudah menjabarkan teori belajar dimana siswa ditekankan pada lima aspek penting, yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan komunikasi yang sesuai dengan teori belajar Industrial Trainer, Technological Pragmatist, Old Humanist, Progressive Educator, maupun Public Educator.

    ReplyDelete
  17. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    Dalam pendidikan di Indonesia, belum secara jelas disebutkan mengenai metode mengajar yang disarankan. Guru di sekolah biasanya masih menggunakan pembelajaran yang konvensional. Guru menjelaskan materi (transfer of knowledge), padahal saat ini metode ceramah sebaiknya diminimalkan. Siswa dituntut aktif dalam segala masalah. Harapan dari pendidikan saat ini adalah adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan.

    ReplyDelete
  18. LINA
    16701261022
    S3-PEP Kelas A

    Sistem pendidikan progressive dan public educator mengarahkan siswa untuk berpikir kritis dan kreatif. Hal ini bisa dilihat dari teori belajar yang dianut dalam dua sistem ini, yaitu exploration, discussion, autonomy. Prinsip ini memberikan peluang kepada siswa untuk bisa mengeksplorasi dan mendiskusikan, serta menemukan jawaban setiap permasalahan yang ada secara mandiri. Dengan demikian siswa dituntut untuk dapat berpikir kritis dan kreatif.

    ReplyDelete
  19. LINA
    16701261022
    S3-PEP Kelas A

    Teori pengajaran yang diimplementasikan pada sistem pendidikan progressive dan public educator adalah construction, development, discussion dan investigation. Hal ini menuntut para guru untuk selalu melakukan inovasi proses pembelajaran. Inovasi yang dilakukan harus meliputi inovasi dalam metode pembelajaran, materi, media, dan sumber belajar. Oleh karena itu pendidikan modern saat ini perlu menerapkan prinsip multimethod, multimedia, multireferensi, dan multijawaban dalam upaya mengkonstruksi dan menginvestigasi ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  20. Retno Widyaningrum
    12701261004
    PEP A 2016
    Implementasi pendidikan yang formal memang penting untuk hal-hal tertentu karena dimungkinkan tujuan dari pendidikan tersebut yang menuntut kerja kerja dan kerja. Tujuannya pasti ada hasil berupa materi untuk duniawi. Tetapi pendidikan seperti ini sudah mulai ditinggalkan karena kelebihan dan kelemahannya lebih banyak kelemahannya.

    ReplyDelete
  21. Retno Widyaningrum
    12701261004
    PEP A 2016
    Implementas pendidikan yang mulai menjadi trend sekarang adalah sistem pendidikan progressive dan public educator adalah construction, development, discussion dan investigation. sister ini lebih ke para guru untuk bisa berinvoasi menggabungkan antara formal dan non formal dengan variasi metode, strategi, media, berbasis IT dan sebagainya. Hasil dari sistem ini lebih banyak berkembang sekarang ini.

    ReplyDelete
  22. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Berdasarkan peta 3 pendidikan dunia menggambarkan bahwa progressive educator dan public educator merupakan landasan dari bentuk pembelajaran yang inovatif. Dimana kedua ideologi itu mengedepankan kreatifitas, eksplorasi, membangun, pengembangan, mengembangan kompetensi, diskusi, penilaian diri, dan penelusuran pola. Dimana semuanya merangkum hakekat dari pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  23. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Variasi Metode, Variasi Interaksi, dan variasi Media sangat penting dalam pembelajaran. Guru sebagai fasilitator dapat menentukan berbagai variasi tersebut sesuai dengan kondisi siswa dan materi pelajaran sehingga pembelajaran dapat memberikan hasil yang maksimal.

    ReplyDelete
  24. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    terimakasih bapak, dengan mempelajari peta dunia pendidikan di Indonesia ini kita dapat mengetahui dimana posisi/letak dunia pendidikan kita

    ReplyDelete
  25. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Dalam peta dunia pendidikan Indonesia 3 ini, sebaiknya pendidikan di Indonesia juga mengembangkan pendidikan formal dan informal secara berdampingan. Pendidik harus mampu dalam mengembangkan variasi Metode, Interaksi, dan Media sehingga tercipta pembelajaran yang menarik dan bermakna. pendidikan di Indonesia seharusnya dirancang mengedepankan kreatifitas, eksplorasi, membangun, pengembangan, mengembangan kompetensi, diskusi, penilaian diri, dan penelusuran pola.

    ReplyDelete
  26. Umi Arismawati
    13301241032
    Pendidikan Matematika A 2013

    Pendidikan akan selalu berkembangan. Pendidikan di Indonesia kini sedang menganlami perubahan terutama pada kurikulumnya. Pendidikan di Indonesia kini sedang diterapkan Kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan Saintifik.

    ReplyDelete
  27. Pendidikan dapat ditempuh dengan pendidikan formal maupun informal.Pendidikan formal merupakan pendidikan di sekolah-sekolah. Pendidikan formal sangat tergantung pada kurikulum yang berlaku disekolah tersebut.Di Indonesia sendiri terdapat kurikulum yang berlaku nasional. Kurikulumnya saat ini adalah kurikulum 2013 dan dalam proses pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik. Terima kasih

    ReplyDelete
  28. Umi Arismawati
    13301241032
    Pendidikan Matematika A 2013

    Pendidikan dapat ditempuh dengan pendidikan formal maupun informal.Pendidikan formal merupakan pendidikan di sekolah-sekolah. Pendidikan formal sangat tergantung pada kurikulum yang berlaku disekolah tersebut.Di Indonesia sendiri terdapat kurikulum yang berlaku nasional. Kurikulumnya saat ini adalah kurikulum 2013 dan dalam proses pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik. Terima kasih

    ReplyDelete
  29. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Salah satu yang menarik dari tabel di atas yakni adanya perbedaan antara pendidikan sangat formal dan pendidikan formal, karena selama ini kita hanya mengenal pendidikan formal dan informal.
    Dari yang saya pahami, perbedaannya yakni pendidikan sangat formal masih mengantut tujuan pembelajaran Back to Basic seperti yang telah dijelaskan dalam Peta Pendidikan Dunia Tabel 1. Sedangkan pendidikan formal sudah lebih menekankan pada kreativitas dan mengarah kepada siswa sebagai pusat pembelajaran.

    ReplyDelete
  30. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Pembelajaran yang dilakukan baik itu formal maupun informal harus tetap mengdepankan sistem pembelajarannya, dengan begitu apa yang kita peroleh nantinya dapat bermanfaat. Di dalam sebuah pembelajaran juga pentingnya sebuah variasi metode, variasi interaksi serta variasi media. Dengan begitu kita dapat mengetahui perkembangan pembelajaran dengan berbagai variasi tersebut.

    ReplyDelete
  31. Sistem pendidikan di Indonesia kebanyakan mengutamakan pendidikan yang sangat formal. Tetapi Menurut saya indonesia harus mampu menerapkan sistem pendidikan yang formal dan informal dengan menggunakan Variasi Metode, Variasi Interaksi dan Variasi Media, maka peserta didik Indonesia akan lebih maju , terampil dan kreatif. Untuk menerapkan pendidikan yang ideal dibutuhkan guru yang mampu, menguasai atau ahli dalam bidangnya, selain itu guru harus bisa mengembangkan materi mempunyai keterampilan sesuai dengan kemampuannya.

    M. Saufi Rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  32. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Pada System pengajaran Progressive Educator, peran guru tidak hanya sebagai educator atau pendidik yang hanya menstrasfer ilmu, namun juga merubah siswa menjadi lebih baik moralnya. Siswa tidak lagi hanya sekedar menerima ilmu, namun juga merasa membutuhkan ilmu sehingga siswa akan mengembangkan sendiri kemampuannya menjadi sesuatu yang kretif. Siswa akan belajar lebih aktif, tidak hanya sekedar penghapal materi pelajaran seperti yang diterapkan pada pendidikan tradisional.

    ReplyDelete
  33. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Pada System pengajaran Progressive Educator, peran guru tidak hanya sebagai educator atau pendidik yang hanya menstrasfer ilmu, namun juga merubah siswa menjadi lebih baik moralnya. Siswa tidak lagi hanya sekedar menerima ilmu, namun juga merasa membutuhkan ilmu sehingga siswa akan mengembangkan sendiri kemampuannya menjadi sesuatu yang kretif. Siswa akan belajar lebih aktif, tidak hanya sekedar penghapal materi pelajaran seperti yang diterapkan pada pendidikan tradisional.

    ReplyDelete
  34. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Salah satu tujuan dibuatnya variasi dalam pengajaran adalah menghindari kejenuhan. Model yang dipilih dalam membuat variasi pengajaran tersebut tentu bergantung pada tujuan materi pembelajarannya, latar belakang siswa, serta situasi dan kondisi tempat pengajaran berlangsung. Variasi mengajar mampu meningkatkan dan memelihara perhatian siswa terhadap materi yang dijelaskan. Siswa menjadi aktif selama proses belajar mengajar berlangsung.

    ReplyDelete
  35. Arif Dwihantoro
    13301244012
    Pend.Mat 13

    pendidikan di indonesia saat ini msih beragam dg bnyknya pergntian kurikulum dan implementasinya sekarang setiap sekolah menggunakan kurikulum yang berbeda-beda. kemudian bagaimaa dapat kita menilai ke efektifan suatu sistem pendidikan secara menyeluruh jika kurikulum yg digunakan pun berbeda-beda.

    ReplyDelete
  36. Arif Dwihantoro
    13301244012
    Pend.Mat 13

    dalam implementasinya sekarang. pada kurikulumm 2013 yang menekankan student center dan peran aktif siswa serta metode yang bervariasi. Namun, masih sering di temukan guru msih menggunakan metode konvensional.

    ReplyDelete
  37. Arif dwihantoro
    13301244012
    Pend.Mat C 13

    pendidikan menjadi sarana yang penting bagi peserta didik mengembangkan potensinya. sehingga pendidikan formal dan pendidikan informal, keduanya tetap dibutuhkan karena kedunya juga memberikan pengaruh yang saling mendukung untuk perkembangan peserta didik

    ReplyDelete
  38. Arif Dwihantoro
    13301244012
    Pend.Mat C 13

    Dengan membaca bagan di atas kita dpat mengetahui dimana keadaan pendidikan di indonesia.
    sehingga hal yang dirasa msih kurang dapat diperbaiki oleh para calon pendidik.

    ReplyDelete
  39. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pend. Mat I 2013

    Dari peta pendidikan yang dijabarkan Paul Ernest, pada dua kolom sebelah kanan yang mengimplementasikan Pendidikan meliputi Formal dan Informal dengan mengembangkan Variasi Metode, Variasi Interaksi, dan variasi Media merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

    ReplyDelete
  40. Defy kusumaningrum
    13301241022
    Pedidikan Matematika A 2013

    Variasi dalam pembelajaran penting dilakukan. Apabila seorang pendidik hanyo monoton menggunakan satu cara pembelajaran tanpa ada pergantian maka akan menimbulkan kejenuhan dalam diri peserta didik. Jika kejenuhan itu terjadi tentu materi yang d belajarkan akan sulit untuk diterima oleh pikiran peserta didik.

    ReplyDelete
  41. Luthfannisa Afif Nabila
    13301241041
    Pendidikan Matematika A 2013
    Pendidikan itu tidak hanya formal namun juga bisa informal. Kita mendapatkan pendidikan tidak hanya secara formal saja melalui sekolah namun kita juga bisa mendapatkan pendidikan secara informal melalui keluarga. Malahan keluarga itu menjadi sumber pendidikan yang utama karena keluarga adalah tempat pertama yang mengajarkan banyak hal mengenai kehidupan.

    ReplyDelete
  42. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Berdasarkan penjelasan di atas, bahwa secara umum di Indonesia masih mengutamakan pendidikan dengan cara yang formal, tidak menghiraukan fleksibilitas yang ada, cenderung kaku. Hal ini sering terjadi berkaitan dengan proses pembelajaran yang begitu-begitu saja tanpa inovasi. Maka kita sebagai guru hendaknya untuk terus berinovasi dan berkreasi untuk memajukan sistem pendidikan yang ada, minimal untuk membuat siswa lebih senang dalam belajar.

    ReplyDelete
  43. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Hubungan antara aim of mathematics education dengan old humanism yakni transfer of knowledge. Dalam hal ini transfer pengetahuan masih terjadi satu arah saja yakni dari guru ke siswa. Sehingga pengetahuan yang diketahui siswa hanyalah terbatas pada apa yang diajarkan oleh guru. Sehingga dalam hal ini tidak terjadi pengembangan kreativitas dalam pembelajaran karena pembelajaran berlangsung hanya satu arah saja.


    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  44. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Hubungan antara aim of mathematics education dengan tekhnological pragmatism, yakni certification, dalam hal ini certification tentunya berhubungan dengan formal. Karena setelah lulus dari bangku pendidikan, maka selalu ada program profesi yang harus dijalani terlebih dahulu sebelum terjun langsung ke dalam dunia kerja. Misalnya saja keperawatan dengan ners, apoteker dengan sertifikat apt, guru dengan program ppg nya. Sehingga segala profesi di indonesia pada akhirnya harus melalui proses sertifikat.


    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  45. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Hubungan antara aim of mathematics education dengan progressive educator, yakni creativity. Dalam hal ini creativitas yang selalu dikembangkan, alhamdulilillah sekarang kementrian riset dan tekhnologi telah digabungkan denga perguruan tinggi, sehingga dalam hal ini creativitas dalam mengembangkan tekhnologi akan mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Mengurangi miss komunikasi dalam pengembangan teknologi akan sangat membantu kretivitas para mahasiswa untuk dapat mengembangkan penemuan mereka bahkan kalau bisa dijadikan lahan bisnis bagi mereka jika terbukti dapat menguntungkan.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  46. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Hubungan antara theory of learning dengan industrial trainer adalah work hard, exercise dan memorize. Seperti halnya komen saya sebelumnya bahwa lulusan SMK kebanyakan hanya kan menjadi pekerja saja, dalam artian work hard. Work hard hanya bisa dilakukan jika mempunyai tubuh yang kuat dan stamina yang fit. Jadi bagaimana nasib mereka ketika mereka sudah tua nanti, tentunya tidak akan bisa work hard lagi. Oleh karena itu masalah kesejahteraan hari tua bagi para pekerja harus dipikirkan kembali oleh pemerintah. Pemerintah harus bisa mengeluarkan kebijakan yang mendukung para buruh akan kesejahteraan mereka.


    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  47. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Hubungan antara theory of learning dengan teknologicalm pragmatism adalah thingking and aplication. Hal tersebut merupakan sistem yang terjadi di Indonesia, misalnya di perguruan tinggi dengan program PPL, jadi setelah melalui pembelajaran teori selama beberapa semester maka selanjutnya dilakukan praktek pengalaman lapangan, hal tersebut bertujuan agar mahasiswa betul-betul dapat memahami apa teori yang dipelajari sebelumnya. Mengaplikasikan teori juga akan menambah keterampilan mahasiswa agar nantinya mampu bersaing di dunia kerja, sehingga mahasiswa lulusan akan mahir dalam bidang teori dan juga dalam bidang praktek lapangan itu sendiri.


    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  48. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Di Indonesia, pengimplementasian pendidikan mengarah formal dan informal dengan mengembangkan variasi Metode, variasi Interaksi, dan variasi media terlihat dari beberapa saran dan masukan pada lesson study untuk meningkatkan praktik mengajar, proses dan hasil pembelajaran.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  49. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam ranah pendidikan setiap orang dapat belajar dan mencari ilmu melalui pendidikan formal seperti sekolah dan juga dapat melalui pendidikan informal seperti bimbingan belajar. Kedua hal ini sangat berkontribusi baik dalam pendidikan di Indonesia apabila sistem yang digunakan saling mendukung satu dan lainnya.

    ReplyDelete
  50. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Dunia pendidikan yang ada di pikiran kita adalah sesuai ruang dan waktu kita dulu mendapat pendidikan. Yang stagnan, dari tahun ke tahun tidak ada perubahan metode belajar secara signifikan. Bagaimanapun juga, saya tetap senang akan pelajaran teacher centered karena pernah mengalaminya. Dan pembelajaran bisa lebih fokus karena kita bisa memahami langsung dari sumbernya. Namun jaman sudah berubah. Tidak bisa kita samakan dengan jaman saya sekolah. Karena sekarang teknologi sudah sedemikian pesat. Kita juga perlu pemikiran yang kreatif dan cepat. Salah satunya adalah belajar menemukan sesuatu yang belum kita ketahui. Agar dunia mengetahui ada kita. Itulah tuntutan jaman. Ada hermeunitika di mana-mana.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  51. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Pada peta 3 tentang pendidikan dunia, ciri-ciri inovasi pembelajaran harus didukung dengan variasi metode, variasi interaksi, dan variasi media. Dilihat dari dua tabel paling kanan dimana tujuan pembelajaran matematika adalah membangun kreativitas dan membangun keseluruhan pemahaman dalam matematika. Teori belajarnya adalah eksplorasi, diskusi, otonomi, mandiri. Teori mengajarnya adalah construction, development, diskusi, investigasi.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id