Nov 8, 2014

Peta 2 - Peta Pendidikan Dunia _ Dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 2).

Catatan: Tiga kolom sebalah kiri, mengimplementasikan Pendidikan berciri Teacher Centered dengan paradigma Transfer of Thinking; sedangkan dua kolom sebelah kanan mengimlementasikan Pendidikan bercirikan Student Centered dengan paradigma Constructivisme dan Realisticism.

46 comments:

  1. Ika Dewi Fitria Maharani
    PPs UNY P.Mat B
    16709251027

    Pada sistem pendidikan di Indonesia sekarang sudah mulai meninggalkan ciri tiga kolom dari sebelah kiri yaitu teacher center. Pendidikan di Indonesia mulai berusaha memakai student center melalui penerapan kurikulum 2013. Namun kenyataan di lapangan, masih banyak kesulitan dari guru maupun siswa untuk menerapkan metode K13 tersebut atau walaupun di RPP tertulis menggunakan metode K13 tapi guru tetap menggunakan metode konvensional atau ceramah.

    ReplyDelete
  2. Firda Listia Dewi
    16701251014
    PEP S2 Kelas B

    Berdasarkan Peta Pendidikan Dunia yang dibuat oleh Bapak Prof. Dr. Marsigit, M.A dari Paul Ernest, dapat dilihat bahwa Pendidikan bercirikan Student Centered dengan paradigma Constructivisme dan Realisticism, memiliki banyak keunggulan dalam menghadapi berbagai persoalan pada saat ini (survive) dibandingkan dengan Pendidikan berciri Teacher Centered dengan paradigma Transfer of Thinking. Hal ini lah yang menjadi dasar penerapan kurikulum di Indonesia, yaitu kurikulum 2013 atau yang dikenal dengan K13.

    ReplyDelete
  3. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Sistem pendidikan Indonesia mulai mewajibkan guru untuk menerapkan metode saintifik dalam proses pembelajaran yang ciri utamanya adalah menjadikan siswa sebagai sumber belajar, sehingga diharapkan dengan melibatkan siswa dalam pembelajaran dapat membuat pengetahuan siswa lebih bertumbuh dan berkembang serta siswa mampu memaknai apa yang ia pelajari, yang nantinya diharapkan dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas dan dibutuhkan.

    ReplyDelete
  4. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Seperti yang disampaikan pada tabel 2/peta pendidikan dunia yang di sampaikan oleh Prof. Marsigit. menunjukkan bahwa secara teori pendidikan di indonesia yang bermula pada Pendidikan berciri Teacher Centered dengan paradigma Transfer of Thinking, beralih ke Pendidikan bercirikan Student Centered dengan paradigma Constructivisme dan Realisticism. yang sekarang tertuang dalam kurikulum 2013. namun dalam pelaksanaannya masih terlalu banyak kelemahan karena K13 terlalu memaksakan untuk keadaan indonesia saat ini. sehingga teorinya bagus namun pelaksanaannya kembali ke kurikulum sebelumnya. karena terlalu terburu-buru dan kurang siapnya kita dalam menerima perubahan tersebut.

    ReplyDelete
  5. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    P.Mat B PPs UNY 2016

    Sistem Pendidikan Indonesia saat ini sebenarnya suda merujuk pada Student Centered, sebab pemerintah telah memberikan warna baru dalam dunia pendidikan dengan mengubah kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013. Idealnya, K13 dibuat agar memberikan dampak Student Centered dalam proses pembelajaran. Namun sayangnya, dalam proses pelaksanaannya K13 belum berjalan sebagaimana diharapkan. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, yang diantaranya adalah kesiapan guru dan siswa dalam menjalankan kurikulum 2013 ini.

    ReplyDelete
  6. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Peta pendidikan yang dipaparkan ini apabila dilihat dalam proses pendidikan yang ada di Indonesia ini sudah merujuk kepada Student Centered. Hal ini dilihat dari penerapan yang yang sudah ada di tingkatan sekolah apalagi dengan adanya Kurtilas (K13) yang dimana semua kegiatan mengacu kepada siswa sebagai pusat pembelajaran. Pembelajaran yang berpusat kepada SIswa memunculkan kegiatan pembelajaran yang disebut dengan Problem Solving atau pemecahan masalah. Meskipun begitu pembelajaran teacher centered juga masih diterapkan apalagi di pemetaan tersebut yang mengacu kepada Teacher Centered adalah pembangunan karakter. Sehingga ketika dikombinasikan antara Student Centered dengan Teacher Centered maka dapat menghasilkan pendidikan yang baik, bermakna, dan sesuai dengan harapan bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

    ReplyDelete
  7. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika C 2013

    dari postingan di atas, dengan peta 2 peta pendidikan di indonesia,saya bisa mengathui sistem aliran pendidikan di indonesia, dengan menjamurnya sekolah tinggi pendidikan atau LPTk LPTK yang ada d indonesia saya berharap pendidikan indoensia segera menjadikan pendidikan yang student centered, siswa aktif belajar, siswa bukan sebagai gelas kosong, tapi sebagi pelaku belajar, tumbuh rasa ingin tah, tumbuh rasa ingin menjawab, tumbuh rasa ingin memecaahkan masalah, dsb. sehingga lptk lptk yang ada bukan menjaul barang murahan, namun benar-benar berkualitas terutama dalam pendidikan, dalam mencerdasakan anak bangsa. terima kasih pak

    ReplyDelete
  8. Andina Yuliana Dewi
    13301241007
    P. Matematika I 2013

    Berdasarkan Peta Pendidikan Dunia di atas, Indonesia sedang dalam proses bertransformasi dari tiga kolom sebelah kiri (Industrial Trainer, Technological Pragmatist, Old Humanism) menjadi 2 kolom sebelah kanan (Proggresive Educator, Public Educator). Terlihat dari mulai digunakannya kurikulum 2013 yang bersifat student centered dengan lebih banyak aktivitas oleh siswa. Namun, masih banyak sekolah-sekolah yang belum mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan benar, RPP sudah berbasis K13 akan tetapi saat mpembelajaran masih transfer of thinking.

    ReplyDelete
  9. Harsiti Indrawati
    13301241021
    Pendidikan Matematika A 2013
    Jika dicermati, pendidikan di Indonesia masih didominasi teacher centered yang berupa transfer of knowledge. Jika dilihat dari cpeta Paul Erenst, pendidikan di Indonesia masih berkutat untuk mencapai talenta siswa dengan sedikit keterbukaan dan fleksibilitas terhadap kemampuan budaya lokal di Indonesia.

    ReplyDelete
  10. Muhamad arfan septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    saintifik dalam proses pembelajaran yang ciri utamanya adalah menjadikan siswa sebagai sumber belajar, sehingga diharapkan dengan melibatkan siswa dalam pembelajaran dapat membuat pengetahuan siswa lebih bertumbuh dan berkembang serta siswa mampu memaknai apa yang ia pelajari, yang nantinya diharapkan dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas dan dibutuhkan.

    ReplyDelete
  11. Muhamad arfan septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Pembelajaran yang berpusat kepada SIswa memunculkan kegiatan pembelajaran yang disebut dengan Problem Solving atau pemecahan masalah. Meskipun begitu pembelajaran teacher centered juga masih diterapkan apalagi di pemetaan tersebut yang mengacu kepada Teacher Centered adalah pembangunan karakter. Sehingga ketika dikombinasikan antara Student Centered dengan Teacher Centered maka dapat menghasilkan pendidikan yang baik, bermakna, dan sesuai dengan harapan bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

    ReplyDelete
  12. Andhita Wicaksono Nugroho
    13301241065
    Pendidikan Matematika C 2013

    Terima kasih Pak, postingan ini sangat bermanfaat bagi saya dalam mencari ilmu

    ReplyDelete
  13. Teduh Sukma Wijaya
    13301241073
    Pendidikan Matematika C 2013

    Sistem Pendidikan Indonesia saat ini sebenarnya suda merujuk pada Student Centered, sebab pemerintah telah memberikan warna baru dalam dunia pendidikan dengan mengubah kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  14. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    Pendidikan Matematika A / S2

    Komponen tujuan pendidikan yang ingin menjadikan bangsa sebagai industrial trainer, technological pragmatice, old humanist mengimplementasikan pendidikan berciri teacher centered dengan paradigma transfer of thinking. Teacher centered dengan paradigm transfer of thinking ini merupakan pembelajaran yang berpusat pada guru dimana guru yang berperan secara aktif untuk memberikan informasi dan pengetahuannya kepada siswa. Selanjutnya komponen tujuan progressive, dan public educator mengimlementasikan pendidikan bercirikan student centered dengan paradigma konstructivisme dan realisticism. Student centered dengan paradigma konstructivisme dan realisticism ini merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa dituntut dan difasilitasi agar aktif dalam pembelajaran untuk membangun pengetahuan baru dari hal-hal yang bersifat konkret lalu dipadukan dengan pengetahuan awal yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  15. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Semoga bangsa kita bisa mewujudkan pendidikan berlandaskan demokrasi Pancasila yang menganut: Filsafat Pancasila; ideologi Pancasila; Politik Pancasila; Moral Pancasila; Sosial Bhineka-Tunggal Ika; Budaya/Karakter Jati Diri Indonesia; Hakikat ilmu Saintifi-Spiritualisme; Epistemologi Pendidikan berlandasakan Pancasila; Kurikulum Hermenitika Hidup berlandaskan Pancasila; Tujuan Pendidikan Memperoleh hidup selamat, sejahtera seutuhnya lahir batin serta dunia akhirat; Teori Mengajar Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri denagn tawakkal; Teori Belajar Membangun ilmu tumaninah,istiqomah dan tawakkal; Peran guru Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri denagn tawakkal; Kedudukan Siswa Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri denagn tawakkal; Teori Evaluasi Refleksi Hidup; Sumber/Alat Belajar Alam Semesta Ciptaan Tuhan. Amin

    ReplyDelete
  16. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dari tabel di atas, masing-masing paradigma pendidikan akan menentukan tingkat aplikasi atau implementasinya. Jika kita melihat dari paradigma teacher centered maka yang terjadi adalah guru sebagai “pemain tunggal”. Siswa hanya bertugas untuk mendengarkan penjelasan dan instruksi guru. Berbeda halnya dengan student centered maka siswa bertindak aktif dalam pembelajaran, yaitu menemukan konsep dan mengembangkan potensi diri.

    Maka, menurut saya, student centered lebih baik dibandingkan teacher centered, harapannya siswa dapat menemukan konsep dan mengembangkan potensi diri.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  17. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Pendidikan Indonesia saat ini sedang mengembangkan/menggunakan kurikulum 2013 revisi 2016 yang memang siswa dituntut untuk aktif dan mandiri dalam menemukan konsep pembelajaran. Hal ini untuk menghindari teacher centered agar pembelajaran dpt berubah menjadi student centered, sehingga pembelajaran dpt lebih bermakna.

    ReplyDelete
  18. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    Terkait pandangan terhadap matematika, matematika dikenal sebagai body of knowledge karena matematika merupakan ratu atau ibu pengetahuan lain, hal ini sesuai dengan masyarakat Industrial Trainer.
    Matematika dipandang sebagai structure of truth. Matematika mempelajari tentang pola, keteraturan, tentang struktur yang terorganisasikan. Begitu pula dengan pendidikan di Indonesia yang memberikan konsep matematika dari yang sederhana menuju yang lebih kompleks. Dengan kata lain, pendidikan di Indonesia juga menganut pandangan matematika seperti masyarakat Old Humanist.

    ReplyDelete
  19. Retno Widyaingrum
    16701261004
    PEP A 2016
    Harusnya 3 kolom sebelah kiri yaitu teacher center sudh mulai dtinggal kan. Melihat kurikulum sekarang sebenarnya sudah berusaha ntuk meninggalkan. dan menuju Student ceneter. Namun guru-guru masih enjoy dengan teacher center meski sda beragai sosialisas, pelaihan dibeikan. untuk mengubah itu semua memang butuh proses, yang paling cepat adalah guru-guru yang berada di perkotaan. beda dengan yan berada di pelosk pedesaan apalagi terpencil.

    ReplyDelete
  20. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Proses pembelajaran matematika seharusnya bersifat demokrasi atau berlandaskan progressive educator dan public educator yang dimana pembelajaran bukan hanya dari guru tetapi juga dari siswa. Seharusnya pembelajaran bersifat student centered atau berpusat pada siswa. Hal ini akan membantu siswa dalam mengembangkan pola pikirnya, membangun konsepnya sendiri sehingga siswa dapat dengan baik menyelesaikan permasalahan yang diberikan.

    ReplyDelete
  21. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Pembelajaran dengan student center akan menjadikan pengetahuan yang diperoleh siswa lebih berkesan. Pembelajaran ini juga menjadikan siswa lebih aktif dan situasi belajar tidak membosankan.

    ReplyDelete
  22. Umi Arismawati
    13301241032
    Pendidikan Matematika A 2013

    Dalam hal pendidikan, Indonesia masih mencari jadi diri. Pendidikan akan selalu berkembang. Pendidikan di Indonesia kini sedang menganlami perubahan terutama pada kurikulumnya. Pendidikan di Indonesia kini sedang diterapkan Kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan Saintifik. Walaupun sebenarnya pencetus Saintifik adalah Compte. Pola pendidikan yang dahulu teacher-center kini sudah mulai berubah menjadi student-center. Semoga pendidikan di Indonesia semakin baik. Terima kasih

    ReplyDelete
  23. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Tiga kolom sebelah kiri menunjukkan bentuk pembelajaran Teacher Centered dimana guru merupakan pusat pembelajaran dan mendominasi kelas dengan model ceramah. Perubahan terus terjadi menuju ke arah perbaikan dimana Teacher Centerd menjadi Student Centered yang bercirikan bahwa siswa merupakan pusat pembelajaran. Pada tabel diatas dipaparkan pula salah satu ciri Student Centered di dua kolom sebelah kanan yakni Student Orientation bahwa pembelajaran yang baik adalah mengarah atau berpusat kepada siswa.

    ReplyDelete
  24. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Proses pemebalajaran yang biasanya dilakukan di kelas berpusat pada guru, artinya di sini guru lebih banyak menjelaskan dengan metode ceramah. Paradigma seperti ini sepertinya akan berubah karena dengan menggunakan kurikulum 2013 yang mana pembelajaran akan berpusat pada siswa, sehingga guru hanya membimbing dan memberikan arahan saja. Ini sangat penting karena jika berpusat pada siswa maka siswa akan lebih aktif dalam memecahkan masalah dan bisa mengaitkan dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  25. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    System pendidikan di Indonesia saat ini masih banyak yang menggunakan pembelajaran dengan model satu arah, karena yang ingin dicapai adalah bagaimana guru bisa mengajar dengan baik dan bagaimana bahan ajar bisa tuntas diberikan, sehingga yang terjadi adalah transfer pengetahuan. Guru memberikan ceramah siswa mendengarkan, guru bertanya siswa menjawab, sehingga guru berperan sebagai subjek dan siswa sebagai objek. Guru memegang peranan yang sangat penting, karena gurulah yang menentukan segalanya. Oleh karena begitu pentingnya peran guru, maka biasanya proses pengajaran hanya akan berlangsung manakala ada guru, dan tak mungkin ada pembelajaran apabila tidak ada guru

    ReplyDelete
  26. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Model pembelajaran dengan student center melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Siswa merasakan bahwa pembelajaran menjadi milliknya karena siswa diberi kesempatan dengan luas untuk berpartisipasi. Dalam pembelajaran juga terjadi dialog dan diskusi untuk saling belajar antar siswa. Sebenarnya inilah yang ingin dicapai dalam system pengajaran, keberhasilan suatu proses pengajaran diukur dari sejauh mana siswa dapat menguasai materi pelajaran yang disampaikan guru.

    ReplyDelete
  27. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Sebenarnya model pengajaran teacher center dan student center memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Teacher center secara teori memiliki kelebihan yaitu materi dapat disampaikan oleh guru secara gamblang dan mendetail sesuai dengan kemampuan guru, kondisi kelas tenang karena dipegang penuh oleh guru. Namun kekurangan dari Teacher center adalah siswa sering merasa bosan dan ilmu yang didapat tidak berkembang, sehingga seolah-olah menjadi ilmu “turun-temurun”. Sedangkan untuk student center secara teori memiliki kelebihan yaitu siswa dapat aktif menggali ilmu, bereksplorasi, dan merumuskan materi yang didapat. Namun kekurangan adalah siswa menjadi sangat aktif, sehingga kelas menjadi gaduh dan menuntut guru lebih ekstra mengendalikan kondisi kelas. Sehingga sangat diharapkan dalam pengajaran kita dapat mengkolaborasikan kedua model ini sesuai dengan kondisi dan materi yang ingin diberikan.

    ReplyDelete
  28. Peta pendidikan dunia yang di buat oleh prof dapat digunakan dalam pendidikan yang ada di Indonesia yaitu didalam pembelajaran kita dapat mengacu murid untuk lebih banyak beraktivitas yang mana dengan lebih banyaknya akitivitas yang dilakukan oleh siswa maka proses pembelajaran akan lebih baik dan juga siswa dapat dengan cepat memahami pembelajara tersebut. sedangkan guru dapat meneliti bagaimana sikap siswa ketika beraktivitas.


    M. Saufi Rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  29. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A

    Membaca elegi ini mengingatkan saya pada tes tulis mingguan bersama dengan Prof.Marsigit dan tidak ada satupun soal tentang materi di atas yang bisa saya jawab. Ternyata saya memang harus lebih banyak membaca elegi2 Prof.Marsigit. trimakasih Prof.telah membagikan pengetahuan tentang peta pendidikan dunia ini.

    ReplyDelete
  30. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pend. Mat I 2013

    Peta pendidikan yang dijabarkan oleh Paul Ernest, ada yang sudah pernah diterapkan di Indonesia yaitu teacher-centered, dimana pembelajaran berpusat pada guru. Guru berperan aktif dalam pembelajaran dan siswa menerima apa yang dijelaskan oleh guru (siswa cenderung pasif).

    ReplyDelete
  31. Defy kusumaningrum
    13301241022
    Pedidikan Matematika A 2013

    Penbelajaran matematika dewasa ini menekankan pada sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kebijakan pendidikan pada kurikulum 2013 pun juga demikian., akan tetapi dalam pengimplementasiannya memang teacher centered masih terjadi.

    ReplyDelete
  32. Defy kusumaningrum
    13301241022
    Pedidikan Matematika A 2013

    Penbelajaran matematika dewasa ini menekankan pada sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kebijakan pendidikan pada kurikulum 2013 pun juga demikian., akan tetapi dalam pengimplementasiannya memang teacher centered masih terjadi.

    ReplyDelete
  33. Luthfannisa Afif Nabila
    13301241041
    Pendidikan Matematika A 2013
    Saya lebih menyukai Pendidikan bercirikan Student Centered dengan paradigma Constructivisme dan Realitiscm karena siswa menjadi lebih aktif dan berkembang dalam berkreasi menuangkan idenya untuk berpikir kritis mengeluarkan pendapatnya.

    ReplyDelete
  34. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Perkembangan sebuah bangsa memang ditentukan oleh bagaimana mereka memandang, atau disesuaikan dengan ideologi yang berkembang disana. Pendidikan menurut industrial trainer, bangsawan/Aristocrat, dan old humanist hampir sama, ketiganya bersifat kapitalism, industrialism, hedonism, utilitarian, dan pragmatis. Sedangkan pendidikan menurut menurut kaum progresif dan kaum sosio kunstrukstivis bersifat humaniora. Bagi sebuah bangsa pasti menganggap pandangan tentang pendidikan yang mereka anut itulah yang terbaik, karena jelas disesuaikan dengan ideologi mereka. Industrialism, kapitalism, hedonism jelas kelihtannya tidak tepat jika diterapkan pada Indonesia karena bertentangan dengan ideologi bangsa. Maka yang berkembang adalah demokrasi atau lebih kearah sosial.

    ReplyDelete
  35. Muhlis Malaka
    16701269003
    PEP A 2016

    Salah satu sistem pendidikan yang dianut di negara kita adalah sistem pendidikan terbuka, dalam sistem ini peserta didik dituntut untuk dapat bersaing dengan teman,befikir kreatif dan inovatif. Hal ini sejalan dengan sistem pendidikan yang digambarkan P. Ernes yang terdapat pada dua kolom sebelah kanan mengimlementasikan Pendidikan bercirikan Student Centered dengan paradigma Constructivisme dan Realisticism.

    ReplyDelete
  36. Nurul Purnaningsih
    13301241045
    Pendidikan Matematika Inter 2013

    Sistem pendidikan di Indonesia sudah berangsur-angsur membaik, terbukti bahwa dengan diterapkannya kurikulum 2013, guru-guru sudah secara bertahap meninggalkan metode ceramah dalam pembelajaran dan beralih pada aktifitas siswa agar terjadi proses pembelajaran yang berpusat pada siswa dimana siswa mengonstruk sendiri pengetahuannya bukan hanya sebagai empty vessel yang hanya menerima seluruh informasi yang disampaikan oleh guru.

    ReplyDelete
  37. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Sebagaimana yang dijelaskan pada peta 1 bahwa sistem pendidikan di Indonesia masih mengacu pada tiga kolom pertama, yaitu indutrial trainer, technological pragmatis, dan old humanis. Tiga hal tersebut lebih mengutamakan pembelajaran dengan sistem teacher centered, atau berfokus pada guru. Jadi pada saat ini sistem pendidikan kita pada umunya lebih berpusat pada guru. Kebutuhan dan karakteristik murid terkadang terlupakan karena egois nya seorang guru. Oleh karena itu, sebisa mungkin, kita dapat mampu menjadi guru yang menjadikan muridnya sebagai acuan proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  38. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Hubungan antara genesis of students dengan old humanis adalah character bulding. Character bulding merupakan hal yang sangat penting. Bangsa yang berkarakter tentunya tidak akan mudah terbawa arus power now. Sehingga kurikulum berkarakter itu sangatlah bagus untuk diterapkan. Dalam hal ini dibutuhkan peran pemerintah secara komprehensif untuk dapat diterapkan di kurikulum. Character building juga sangat penting untuk membela tanah air. Rasa cinta terhadap tanah air merupakan karakter yang mulai hilang di negeri ini, kebanyakan mereka wujudkan dengan cara korupsi. Para koruptor yang tidak berkarakter baik tersebut tanpa segan-segan mengambil hak yang seharusnya diberikan kepada rakyat. Bangsa ini bobrok bukanlah karena bangsa ini bodoh, tetapi karena orang-orang pintar dan kompeten didalamnya tidak mempunyai karakter dalam memajukan bangsa sendiri, malah kepintaran dan kekuasaan yang mereka miliki digunakan untuk mengkhianati rakyat.


    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  39. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Hubungan antara genesis of students dengan progressiv educator yakni student orientation. Memang akhir-akhir dalam dasawarsa ini pemerintah mulai membangun suatu sistem pendidikan dimana siswa lah yang menjadi orientasi di dalam proses belajar mengajar. Siswa diberikan kesempatan yang sangat luas untuk mengambangkan bakat-bakat mereka, misalnya saja dengan menggunakan ekspository atau open ended dimana siswa bisa berkreasi banyak untuk bisa mendapatkan jawaban yang benar. Kemudian metode scientific juga memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya sehingga pengetahuan yang mereka miliki bukan hanya yang berasal dari guru semata.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  40. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Hubungan mengenai genesis of student dengan public educator yakni to growth/developt. Arah kebijakan pendidikan memang sangatlah diperlukan. Sehingga jalannya pendidikan tidak rancu dan ada satu titik yang harus dituju dalam hal ini pemerintah harus menegaskan arah pendidikan di Indonesia mau dibawa kemana. Karena pengalaman membuktikan bahwa tiap ganti pemerintahan maka ganti kurikulum, belum teruji kurikulum yang satu sudah diganti dengan kurikulum yang lainnya. Sehingga para pelaksana dilapangan merasa bingung, khususnya para percetakan buku yang telah terlanjur mencetak buku sesuai dengan kurikulum, tentunya akan merugikan persahaan percetakaan itu sendiri. Sehingga memang dibutuhkan koordinasi yang sifatnya komprehensif antara semua pihak, baik kementrian maupun para usahawan yang ada di negeri ini dalam membangun pendidikan di Indonesia.


    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  41. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Hubungan mengenai student ability dengan public educator mempunyai sifat yang relative dan bertumpu pada aspek culture. Kita ketahui bersama bahwa Indonesia ini mempunyai beratus-ratus suku dimana mempunyai kultur yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Baik disatu tempat, belum tentu baik ditempat lainnya. Misalnya saja koteka, mungkin saja itu hal yang baik di tanah papua, tetapi ketika itu dipakai di tanah jawa, tentunya merupakan hal yang saru alias memalukan. Sehingga dalam hal ini public educator bersifat relatif dan tidak ada aturan paten yang mengikatnya antara satu daerah dengan daerah yang lain, dikarenakan perbedaan kultur antara satu wilayah dengan lainnya. Seperti halnya bahasa daerah yang dipelajari de sekolah-sekolah, di jateng dan jabar tentunya mempunyai bahasa daerah yang sangat-sangatlah berbeda.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  42. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Dari table tersebut terlihat bahwa jika kita menghubungkan antara genesis of students dan industrial trainer, maka siswa itu seperti halnya tong kosong (empty vessel). Ini yang kemudian ingin saya pertanyakan. Seperti apa gambaran atau penjelasan dari hubungan yang menghasilkan empty Vessel ini. Mungkin Prof. atau para pembaca blog ini mampu memberikan penjelasannya.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  43. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju public educator karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila. Pendidikan bercirikan Student Centered dengan paradigma Constructivisme dan Realisticism ini lah yang sedang dipromosikan oleh pemerintah Indonesia dengan menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  44. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    pendidikan yang bersifat teacher centered adalah pendidikan yang berupa pentransferan ilmu yang dimiliki oleh guru kepada siswa sehingga dapat menimbulkan kreatifitas siswa dapat tertutup oleh pengetahuan yang dimiliki gurunya dan terus berpatokan terhadap pengetahuan yang dimiliki oleh guru, sedangkan dalam student Centerd itu melakukan pendidikan dengan membentuk kreatifitas siswa untuk dapat mengkonstruk pemikirannya, sedangkan guru hanya mengarahkan agar apa yang di lakukan siswa terarah, dan sistem student centerd ini merupakan pendidikan yang terjadi pada abad 21 ini.

    ReplyDelete
  45. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Yang saya soroti dari peta pendidikan dunia di atas adalah jika teacher centered lebih mengarah kepada pengembangan bakat yang sudah ada dan bawaan siswa secara pasti. Sedangkan metode student centered lbih kepada menggali pengetahuan siswa, meruntuhkan tembok antara siswa dan guru dan bekerja sama membangun suatu pengetahuan. Menumbuhkan bakat-bakat yang masih hijau dan belum terekspos.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  46. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Pada peta 2 tentang pendidikan dunia, pendidikan Indonesia mencoba membuat inovasi pembelajaran dari pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusatpada siswa. Dimana dua kolom sebelah kanan mengimlementasikan Pendidikan bercirikan Student Centered dengan paradigma Constructivisme dan Realisticism.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id