Nov 8, 2014

Peta 1 - Peta Pendidikan Dunia _ Dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest



Ass Wr Wb, jika ingin mengetahui bentuk, posisi atau keadaan Pendidikan di Indonesia dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Dunia, kita dapat menggunakan Peta/Bagan atau Tabel berikut (bagian ke 1).

Catatan: Sistem Pendidikan Indonesia tidak mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Tetapi bentuk dari Sistem Pendidikan Indonesia mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu : Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis, yang merupakan representasi Dunia Kontemporer atau Power Now; kenapa?, karena baru hanya sampai di situlah kemampuan kita dibanding dengan Dunia Kontemporer, sehingga tidak ada jalan lain bagi Indonesia kecuali menapaki jalan setapak mereka untuk menuju masa depan. Itulah pernah diwaktu yang lampu Pendidikan Dasar diarahkan menuju Back to Basic (tak usah macam-macam, anak SD yang penting cukup bisa Baca, Tulis, dan Hitung). Tiga Kolom kiri, mengimplementasikan Pendidikan sebagai Tradisional/Konvensional, sentralistik dan mendefinisikan Subjek Ilmu sebagai Body of Knowledge, Science of Truth dan Structure of Truth, dan ini sejalan/selaras dengan dunianya para Ilmuwan Dasar (Basic Science) yang bersifat Formal seperti Matematika Murni, Fisika Murni, Biologi Murni dan Kimia Murni, yang kemudian mereka diangkat menjadi Anak Emas nya Power Now untuk eksploitasi Dunia. Sedangkan 2 (dua) kolom sebelah kanan dikenal sebagai anti-tesisnya yang berusaha menginovasi pendidikan berorientasi kepada siswa; namun diberbagai Dunia eksistensinyapun mengalami degradasi karena kurang menunjang kehidupan para Neo (Capitalism, Hedonism, Pragmaticism, Utilitarian, Materialism). Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila.

48 comments:

  1. Ika Dewi Fitria Maharani
    PPs UNY P.Mat B
    16709251027

    Indonesia masih belum memiliki ideologi sistem pendidikan sendiri, sejauh ini Indonesia berkiblat pada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Padahal ketiga sistem tersebut mengacu pada Powernow dan jika kita dialog percakapan powernow di Elegi Sang Matadara Berusaha Menaklukan Raja-Raja Lokal Dunia Selatan maka sebenarnya mereka memiliki tujuan khusus kepada negara Indonesia atau negara-negara yang berkembang.

    ReplyDelete
  2. Firda Listia Dewi
    16701251014
    PEP S2 Kelas B

    Kondisi sistem pendidikan Indonesia pada saat ini masih mencari jati dirinya. Hal ini dibuktikan dengan sering berubahnya kurikulum yang diterapkan. Namun, dengan mempelajari Peta Pendidikan Dunia yang dibuat oleh Bapak Prof. Dr. Marsigit, M.A dari Paul Ernest, dapat diketahui bahwa terdapat kondisi yang ideal bagi sistem pendidikan Indonesia, yaitu Politik Demokrasi.

    ReplyDelete
  3. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Sistem pendidikan Indonesia masih dalam proses mencari bentuk yang ideal , ini dibuktikan dengan setiap pergantian Mendiknas selalu diikuti dengan pergantian kurikulum/kebijakan. Sistem pendidikan d Indonesia terkesan pada belajar dengan keterpaksaan sesuai kurikulum (kejar target) tanpa memperhatikan pemahaman dan kebermaknaan pembelajaran bagi siswa. Sehingga perlunya perbaikan sistem pendidikan dengan membangun sistem pendidikan yang berorientasi pada siswa yang didasarkan pada politik demokrasi

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syahrial
      16701251015
      S2 PEP kelas B 2016
      Seperti yang di sampaikan Prof. Marsigit, bahwa Indonesia saat ini sedang dalam masa peralihan. maka peralihan tersebutpun berdampak kepada dunia pendidikan yang ada di indonesia pula, berapa lama masa peralihan indonesia selesai tidak akan di ketahui, karena bisa memakan waktu yang cepat dan bisa pula berabad-abad lamanya. maka dalam massa peralihan terssebut sang powernow akan melancarkan aksinya, sehingga kita akan melakukan jalan setapak untuk menggapai masa depan. seperti di gambarkan oleh peta tersebut. semoga kedepannya indonesia bisa menjadi lebih baik lagi. Amiin.

      Delete
  5. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    PPs P.Mat B UNY 2016

    Sistem Pendidikan Indonesia yang masih meraba-raba membuat Indonesia belum memiliki jati diri yang mencerminkan sistem pendidikan yang sesuai dengan ideologi bangsa. Indonesia masih mencari apa yang menjadi kebutuhan pendidikan saat ini. Sejauh ini, bentuk dari sistem pendidikan Indonesia masih mengarah pada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis dimana masih menjalankan pendidikan dengan cara Konvensional. Berbeda dengan 3 sistem sebelumnya, Progresive Educator dan Public Educator berusaha menginovasi pendidikan yang berorientasi kepada siswa dan inilah hal yang masih berusaha dicapai oleh sistem pendidikan Indonesia untuk mewujudkan demokrasi Pancasila.

    ReplyDelete
  6. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Dari paul ernest ini saya belajar bahwa terdapat 5 ideologi yang digunakan sebagai acuan suatu negara yaitu industrial trainers, technical pragmatist, old humanist, progressive educator, dan public educator. Berdasarkan apa yang saya pelajari dari peta pendidikan dunia yang dibuat oleh Pak Prof., saya tertarik pada public educator yang memiliki politik demokrasi. Karena memang sesuai dengan Indonesia, tapi disisi lain saya menyukai demokrasi yang menjunjung tinggi keadilan dan hak setiap orang. Keadilan untuk semua orang. Sama halnya dikelas, hak setiap siswa itu sama. Sehingga guru harus bisa memfasilitasi setiap kebutuhan siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  7. Muhamad arfan septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Sistem pendidikan dI Indonesia terkesan pada pembelajar dengan keterpaksaan sesuai kurikulum tanpa memperhatikan pemahaman dan kebermaknaan pembelajaran bagi siswa. Sehingga perlunya perbaikan sistem pendidikan dengan membangun sistem pendidikan yang berorientasi pada siswa yang didasarkan pada politik demokrasi

    ReplyDelete
  8. Muhamad arfan septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Seperti yang di sampaikan Prof. Marsigit, bahwa Indonesia saat ini sedang dalam masa peralihan. Sejauh ini, bentuk dari sistem pendidikan Indonesia masih mengarah pada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis dimana masih menjalankan pendidikan dengan cara Konvensional. Berbeda dengan 3 sistem sebelumnya, Progresive Educator dan Public Educator berusaha menginovasi pendidikan yang berorientasi kepada siswa dan inilah hal yang masih berusaha dicapai oleh sistem pendidikan Indonesia untuk mewujudkan demokrasi Pancasila.

    ReplyDelete
  9. Khaerudin
    16701621009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Mengutip dari Prof. Marsigit dalam perkuliahan filsafat pendidikan pada hari kamis tanggal 27 oktober 2016. Dikatakan oleh Prof. Marsigit bahwa tidak ada model pendidikan yang relevan. Sistem pendidikan di Indonesia dengan kurikulum 2013-nya yang mengadopsi dari Aguste Comte dengan pembelajaran berbasis Saintifik, menurut saya lebih cocok ke kolom Technological Pragmatise.

    ReplyDelete
  10. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    Pendidikan matematika C 2013

    dari potingan diatas, saya jadi tahu bahwa indonesia berada di sekitar industrial triner, tech pragmatis dah old humaism. di dalam piokiran saya mengapa di indonesia jurusan teknik sangat laris dibandingkan dengan jurusan lain karena memang dari ideologis saja sudah menagnut industrial trainer. itlah mengapa siswa sebagai empty vessel, selamanya akan menjadi empty vessel, bukan actor.
    terimakasih pak.

    ReplyDelete
  11. Andina Yuliana Dewi
    13301241007
    P.Matematika I 2013

    Sistem Indonesia sekarang ini menurut Peta Pendidikan Dunia dari Prof. Marsigit mengarah kepada Industrial Trainer, Technological Pragmatism, dan Old Humanism. Akan tetapi, dengan adanya perubahan-perubahan kurikulum ini diharapkan suatu saat Indonesia akan mengarah ke Public Educator, karena hal ini sesuai dengan Indonesia yang menjunjung demokratis.

    ReplyDelete
  12. Andhita Wicaksono Nugroho
    13301241065
    Pendidikan Matematika C 2013

    Terima kasih Pak, postingan ini sangat bermanfaat bagi saya dalam mencari ilmu

    ReplyDelete
  13. Teduh Sukma Wijaya
    13301241073
    Pendidikan Matematika C 2013

    Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila.

    ReplyDelete
  14. soviyana munawaroh syidhi
    13301244020
    pendidikan matematika C 2013

    Indonesia belum memiliki ideologi sendiri dalam bidang pendidikan sehingga masih cenderung mencontoh atau berpedoman pada sistem pendidikan barat, sebenarnya hal tersebut juga tidak salah jika tetap disesuaikan dengan nilai- nilai luhur bangsa. namun alangkah baiknya jika Indonesia bisa menuju ke kolom paling kanan dimana terdapat politik demokrasi didalamnya

    ReplyDelete
  15. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    Pendidikan Matematika A / S2

    Indonesia masih berada dalam kebingungan, disorientasi dalam penerapan cita-cita, termasuk cita-cita dalam pendidikan. Terlihat lima komponen dalam peta dunia tersebut, yakni industrial trainer, technological pragmatice, old humanist, progressive, dan public educator. Kalau Indonesia, awalannya saja sudah kontradiksi. Cita-citanya demokrasi seharusnya public educator namun implementasinya ke bawah tidak ada. Kalau public educator, filsafatnya beda, ideologinya beda, paradigmanya beda, teorinya beda, modelnya juga beda. Maka yang namanya industrial trainer (negara-negara industri), Indonesia dikatakan iya tapi belum, masih setengah-setengah. Technological pragmatise artinya berorientasi pada teknologi Indonesia. Old humanist, Indonesia sudah mulai tergerus erosi. Old humanist konservatif nilai nilai budaya, pelestarian budaya sudah mulai tergerus. Jadi, bangsa Indonesia tidak sehat ditinjau dari segi pendidikan. Alasannya: 1) disorientasi, dan 2) Politik.

    ReplyDelete
  16. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Bentuk dari Sistem Pendidikan Indonesia memang mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu : Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis. Namun, semakin berkembang dan mengalami proses yang panjang untuk perbaikan pendidikan di Indonesia menuju pada politik Demokrasi.

    ReplyDelete
  17. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Semoga bangsa kita bisa mewujudkan pendidikan berlandaskan demokrasi Pancasila yang menganut: Filsafat Pancasila; ideologi Pancasila; Politik Pancasila; Moral Pancasila; Sosial Bhineka-Tunggal Ika; Budaya/Karakter Jati Diri Indonesia; Hakikat ilmu Saintifi-Spiritualisme; Epistemologi Pendidikan berlandasakan Pancasila; Kurikulum Hermenitika Hidup berlandaskan Pancasila; Tujuan Pendidikan Memperoleh hidup selamat, sejahtera seutuhnya lahir batin serta dunia akhirat; Teori Mengajar Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri denagn tawakkal; Teori Belajar Membangun ilmu tumaninah,istiqomah dan tawakkal; Peran guru Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri denagn tawakkal; Kedudukan Siswa Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri denagn tawakkal; Teori Evaluasi Refleksi Hidup; Sumber/Alat Belajar Alam Semesta Ciptaan Tuhan. Amin

    ReplyDelete
  18. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Indonesia hingga saat ini masih menganut ideologi kapitalis dengan demokrasi sebagai sistemnya. Alhasil, indonesia masih menjadi pengikut negara-negara adidaya saat ini yaitu Amerika Serikat yang merupakan kampiun kapitalis-demokrasi. Justru, kondisi pendidikan indonesia semakin mengkhawatirkan. Hal ini ditandai dengan semakin maraknya tingkat kejahatan yang dilakukan oleh pelajar. Hal yang kontradiktif dengan tujuan pendidikan indonesia saat ini yaitu menciptakan generasi berkarakter.
    Menurut saya, “karakter” disini perlu ada penjelasan dan penegasan lebih lanjut. Karena definisi karakter sendiri masih bias dan belum spesifik. Jika karakter yang dimaksud adalah membangun kepribadian mulia, maka solusinya pun harus menerapkan metode yang sesuai dengan tujuannya.

    Jika kita telisik, metode pendidikan indonesia saat ini justru mendegradasi karakter siswa, karena siswa dituntut untuk menguasai banyak hal yang tidak sesuai dengan minat dan bakatnya. Hal ini akan memunculkan beban tersendiri bagi siswa. Ditambah lagi dengan jam belajar yang menyita banyak waktu dan energi siswa. Belum lagi tugas yang menumpuk untuk masing2 pelajaran. Maka bisa jadi itu lambat laun akan mengikis hati, akal dan nurani siswa.

    Perlu ada perbaikan sistem pendidikan yang sesuai dengan fitrah manusia dan menentramkan hati. Karena pendidikan itu sendiri berfungsi untuk membentuk karakter mulia dan menguasai ilmu pengetahuan serta memberikan kontribusi bagi masyarakat dan sebagai pondasi dalam membentuk sebuah peradaban.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  19. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    Kurikulum 2013 yang diterapkan di Indonesia apabila ditinjau dari politik yang berlaku di Indonesia belum memiliki arahan yang jelas. Pendidikan di Indonesia tampak terombang-ambing mengikuti skenario sang penguasa. Sederhananya, apabila berganti pemimpin, maka kebijakan yang diberlakukan pun berganti. Apabila politik di Indonesia ingin mengarah pada Public Educator dimana berpandangan politik demokrasi seperti harapan demokrasi pancasila, hendaknya segera dibuat penjelasan secara eksplisit mengenai arah tersebut. Hal ini dikarenakan hingga saat ini belum ada kebijakan yang jelas dan searah mengenai arah pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  20. LINA
    16701261022
    S3-PEP Kelas A

    Negara kita masih belum menemukan sistem pendidikan yang tepat bagi masyarakatnya. Ketidakjelasan ini juga terjadi sampai saat ini karena kita menganut politik Demokrasi Pancasila yang kurikulum pendidikan dasar menengah yang dipakai adalah Kurikulum 2013. Padahal Kurikulum 2013 sangat dekat dengan sistem pendidikan berbasis Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis.

    ReplyDelete
  21. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Terima kasih Prof. Marsigit untuk pemaparan peta Pendidikan Dunia, sehingga sebagai pendidik kita semakin jelas dimana posisi pendidikan Indonesia, dan bagaimana idealnya pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  22. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Dari tabel Peta Pendidikan Dunia diatas, Kita dapat melihat bangsa-bangsa yang tergolong berideologi Industrial Trainer cenderung mengimplementasikan politik pendidikan Radikal Kanan. Berbeda dengan bangsa-bangsa yang tergolong berideologi Technological Pragmaticim cenderung mengimplementasikan Politik Pendidikan Konservatif. Sistem ini biasanya dianut oleh mereka yang tengah menikmati posisi istimewa atau kekuasaan dalam sebuah struktur. Selanjutnya bangsa-bangsa tergolong berideologi Old Humanism cenderung mengimplementasikan perpaduan antara politik pendidikan Konservatif dan Liberal. Bangsa-bangsa yang berideologi Progressive Educator cenderung mengimplementasikan politik pendidikan Liberal. Sedangkan bangsa-bangsa yang berideologi Public Educator cenderung mengimplementasikan Politik Pendidikan Demokrasi. Dan pendidikan kita idealnya adalah pendidikan demokrasi karena system ini memungkinkan setiap warga negara tumbuh dan hidup melalui interaksi sosial dan memberikan tempat yang sama untuk setiap warga negaranya.

    ReplyDelete
  23. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A


    Kurikulum 2013 disusun berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Idealnya, segala sesuatu yang termuat dalam kurikulum 2013 akan mencerminkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945. Namun fakta dilapangan berbicara lain, banyak pro dan kontra yang terjadi. Belum jelas terlihat relevansi Pancasila dan UUD 1945 sebagai landasan filosofis kemana arah pendidikan ini. Pelaksanaan pola pendidikan masih belum menemui titik temu kebutuhan bangsa. Kejadian saat ini dalam krisis multidimensi Bangsa, terjadi karena mindset kebangsaan para pengambil kebijakan pendidikan mengalami kegamangan serta tidak mampu mendudukan Ideologi dan Politik Strategis Bangsa.

    ReplyDelete
  24. Retno Widyaningrum
    16701261004
    PEP A 2016
    Sistem pendidikan yang paling cocok untuk negara kita adalah Demokrasi. tapi sepertinya pemerintah lebih senang kalau berbau dunia luar sana sehingga setiap ganti enteri juga akan berganti terutama pada implementasi kurikulumnya. Cocok sekali apabila politik dan sain menuju Public Education.

    ReplyDelete
  25. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B
    Dari peta 1 pendidikan dunia ini terlihat bahwa terdapat lima ideologi yang digunakan sebagai acuan atau landasan sebuah negara yaitu industrial trainers, technical pragmatist, old humanist, progressive educator, dan public educator. Berdasarkan dari peta pendidikan dunia bahwa public educator yang memiliki politik demokrasi. Hal ini sesuai dengan negara Indonesia yang menganut paham demokrasi, yang falsafahnya menjunjung tinggi keadilan dan hak setiap orang. Jika dikaitkan dalam proses pembelajaran adalah hak setiap siswa itu sama, maka guru haruslah dapat menjadi fasilitator yang dapat memfasilitasi setiap kebutuhan siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  26. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Dunia pendidikan harus selalu melakukan evaluasi dan perbaikan dalam segala aspek baik pendidik, strategi pembelajaran, kurikulum, maupun aspek lainnya. Mengingat pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk masa depan bangsa ini, hendaknya perbaikan ini dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan.

    ReplyDelete
  27. Umi Arismawati
    13301241032
    Pendidikan Matematika A 2013

    Indonesia merupakan negaran berkembang. Dalam hal pendidikan, Indonesia masih mencari jadi diri. Sehingga sistem pendidikan di Indonesia tidak termasuk dalam kategori sistem pendidikan yang dipaparkan. Pendidikan akan selalu berkembang. Pendidikan di Indonesia kini sedang gencar diterapkan Kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan Saintifik. Walaupun sebenarnya pencetus Saintifik adalah Compte. Semoga pendidikan di Indonesia semakin baik. Terima kasih

    ReplyDelete
  28. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Saya sepakat bahwa idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila. Dan apabila mengikuti tabel yang bapak paparkan di atas, maka subjek ilmu pun akan berubah menjadi aktivitas sosial, lebih baik dibandingkan menjadikan subjek ilmu berupa Body of Knowledge

    ReplyDelete
  29. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Sejatinya Indonesia belum mempunyai ideologi pendidikan sendiri, ini disebabkan banyak sebuah peraturan yang terus berganti. Ini menjadi sebuuah kebingungan sistem pendidikan apa yang cocok digunakan di Indonesia. Indonesia masih mencari jati diri dalam mengmebangkan pendidikannya dan mencari yang cocok agar pendidikan lebih maju dan berkualitas.

    ReplyDelete
  30. Sistem pendidikan di Indonesia yang sekarang semakin kacau karean adanya kurikulum 2013 yang membuat siwa dan guru menjadi pusing. Karena apa? Kurikulum 2013 tidak dapat langsung diterima oleh siswa yang berada di daerah terpencil dengan berbagai macam sistem pembelajaran yang rumit. Mungkin bagi mereka yang berada di kota-kota besar dapat langsung menerima pembelajaran tersebut tapi tidak untuk daerah yang terpencil. Siswa dan guru diwajibkan untik dapat menjalankan kurikulum tersebut padahal mereka belum mampu untuk menerima hal tersebut. Tidak hanya itu kurikulum 2013 juga menambah lama jam pelajaran. Bagaiman bisa siswa dapat dengan cepat menerima semua pembelajaran dalam satu hari penuh . cara seperti itu sebenarnya malah membuat anak jenuh dan malas untuk belajar. Seharusmya kita dapat melihat peta pendidikan yang dibuat oleh prof dari paul ernest umtuk menerapkan system pendidikan yang cocok dengan pendidikan di Indonesia.

    M. Saufi Rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum wr. wb.

    Peta Pendidikan yang dipaparkan berdasar pemikiran Paul Ernest ini membuka wacana kita terhadap bentuk pendidikan yang ada di dunia dan mencoba mengaplikasikan bagi bangsa ini. Menurut hemat kami sistem pendidikan bangsa ini haruslah memiliki cetak biru yang terrinci berdasarkan latar belakang budaya nusantara dan tetaplah bertujuan memanusiakan manusia Indonesia yang memiliki berbagai macam suku dan bangsa tanpa bermaksud melepaskan diri dari NKRI yang telah disusun berdasar UUD 1945 dan Pancasila, tanpa peduli pergantian pemimpin dalam kancah politik...
    semoga

    Dwi Margo Yuwono
    16701261028
    S3 PEP kelas A

    ReplyDelete
  32. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    Tetapi bentuk dari Sistem Pendidikan Indonesia mengarah kepada atau berkemistri dengan 3 (tiga) kolom sebelah kiri yaitu : Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis.
    Idealnya, Pendidikan di Indonesia mengarah atau menuju ke kolom yang paling Kanan, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai starting pointnya; sebagaiman tercantum kita bercita-cita mewujudkan Demokrasi Pancasila.
    Pendidikam Indonesia hendaklah mengikuti kondisi dan karakteristik yang dimiliki oleh Indobesia itu sendiri, tdk hanya mengikuti trend pendidikan dunia saat ini. Aspek2 pendidikan terutama sumber daya (baik manusia maupun material) juga perlu diperhatikan untuk menentukan arah dari pendidikan Indonesia inu.

    ReplyDelete
  33. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pend. Mat I 2013

    Paul Ernest menjabarkan peta pendidikan dunia menjadi empat bagian. Dari tiap-tiap peta pendidikan tersebut menjelaskan karakteristik masing-masing dari setiap group sosial yang digolongkan oleh Paul Ernest yaitu industrial trainer, technological pragmatist, old humanist, progressive educator, dan public educator.

    ReplyDelete
  34. Defy kusumaningrum
    13301241022
    Pedidikan Matematika A 2013

    Indonesia menganut sistem demokrasi, akan lebih baik jika sistem pendidikan di Indonesia juga menerapkan demokrasi. Akan tetapi Indonesia belum menemukan ideologi pendidikannya dan kondisi pendidikan saat ini masih cenderung mengarah pada 3 kolom kiri pada peta tersebut.

    ReplyDelete
  35. Luthfannisa Afif Nabila
    13301241041
    Pendidikan Matematika A 2013
    Ternyata Sistem Pendidikan di Indonesia merupakan representasi Power Now namun juga mengarah ke inovasinya untuk mewujudkan Demokrasi Pancasila. Sangat disayangkan karena Power Now memiliki tujuan yang buruk pada Dunia Selatan. Semoga ke depannya Sistem Pendidikan di Indonesia lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  36. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Pendidikan di dunia menurut Paul Ernest dibagi menjadi 5, industrial trainer, tegnological pragmatist, old humanist, progressive educator, dan public educator. Industrial trainer mengikuti aliran radikal jika dilihat dari sisi politis, pragmatis secara teknis masuk pada politik konservatif, old humanis liberal, progressive educator juga liberal, public educator menggunakan politik demokrasi. Sebenarnya yang diinginkan Indonesia itu adalah demokrasi, tetapi dalam kenyataanya yang berkembang tidak hanya itu, di campur adukan dengan paham-paham yang lain, sehingga lambat laun juga akan semakin terkikis jati diri bangsa.

    ReplyDelete
  37. Nurul Purnaningsih
    13301241045
    Pendidikan Matematika Inter 2013

    Sepertinya Menteri Pendidikan dan pihak yang berwenang dalam pendidikan di Indonesia perlu segera mengevaluasi kembali, sebenarnya ideologi seperti apakah yang cocok untuk diterapkan dalam sistem pendidikan Indonesia. Sebagai bangsa yang mandiri kita bisa saja membuat suatu ideologi baru yang sesuai dengan kondisi Indonesia dimana Indonesia merupakan negara demokrasi yang memiliki dasar negara Pancasila yang semua itu demi tercapainya tujuan nasional pendidikan Indonesia secara maksimal.

    ReplyDelete
  38. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Indonesia merupakan negara berkembang. Pendidikan di Indonesia belum memiliki bentuk pasti atau jati dirinya, Indonesia masih mencari-cari sistem pendidikan seperti apa yang cocok untuk masyarakatnya. Oleh karena itu banyak terjadi perubahan-perubahan dalam dunia pendidikan. Tetapi sistem pendidikan di Indonesia masih mengacu kepada industrial trainer, technological pragmatis, dan old humanis. Dan sering mengabaikan tentang progressive educator dan public educator. Sehingga sistem pendidikan yang terjadi kurang menumbuhkan kreativitas siswa dan guru, dan terkadang tidak berorientasi kepada siswa.

    ReplyDelete
  39. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Untuk menuju sistem pembelajaran yang baik di Indonesia maka sangat-sangatlah tidak mudah, baik dari sistem foundament nya, SDM bahkan rintangan yang menurut pemahaman saya paling besar adalah tidak meratanya pembangunan pendidikan di Indonesia. Hal ini disebabkan karena wilayah indonesia yang berpulau-pulau dan memerlukan waktu berhari-hari untuk membawa logistik pendidikan ke daerah-derah kabupaten di luar pulau jawa. Berbeda dengan negara singapura atau bahkan amerika sendiri, seluruh wilayahnya dapat ditempuh melalui jalan darat kecuali negara bagian Hawaii dan Alaska. Sehingga tantangan pemerintah disini sangatlah besar dalam membangun pendidikan di Indonesia. Bukan hanya biaya transportasi namun juga butuh tenaga yang besar agar pembangunan pendidikan di Indonesia dapat merata.


    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  40. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Saya juga ingin mengomentari mengenai arah pendidikan di Indonesia yakni industrial trainer dan tekhnological pragmatis. Pemerintah dalam hal ini menurut saya agak aneh, salah satu contohnya adalah lulusan SMK itu outputnya didesain hanya untuk jadi budak, mengapa saya mengatakan demikian, karena di SMK hampir seluruh pelajaran yang urgen yang menjadi dasar dalam bidang tekhnik seperti matematika, fisika, kimia itu hanya kulit-kulitnya saja yang dipelajari, tidak seperti SMA yang mempelajarinya secara mendalam. Sehingga ketika didunia kerja maka anak SMK hanya taunya kerja praktek, tidak bisa menghitung terlalu dalam untuk dapat menciptakan suatu hal baru melalui suatu perhitungan matematis yang tepat, bahkan sebagai modal untuk melanjutkan ke perguruan tinggi sangatlah kurang.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  41. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Saya juga ingin mengomentari mengenai pendidikan di Indonesia yang dijadikan bahan jualan politik. Setiap pilkada berlangsung pasti bidang pendidikan selalu menjadi bahan jualan politik, entah itu mengenai pendidikan gratis, alat-alat sekolah gratis, dsb. Mungkin pendidikan gratis merupakan hal yang baik, namun yang saya kritisi yakni mengapa ketika pendidikan itu gratis maka kualitasnya itu menurun, misalnya saja dengan adanya pendidikan gratis, gedung sekolah yang rusak tidak bisa langsung diperbaiki, alasan para wakasek biasanya tidak ada dana untuk memperbaikinya karena hanya mengandalkan dana BOS, nah dalam hal ini pendidikan gratis tentu ada pulus minusnya. Kritikan buat pemerintah daerah yakni, jika memang pendidikan gratis telah diterapkan maka dana untuk BOS itu janganlah ditahan terlalu lama, kasihan buat sekolah-sekolah yang infrastrukturnya mulai rusak, mereka selalu terlambat untuk membangun pendidikan jika dananya tidak kunjung turun.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  42. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.


    Pendidikan di Indonesia juga masih bermasalah dengan arah pemerintah dalam mengelola output perguruan tinggi. Bahkan banyak orang di daerah berpendapat untuk apa belajar tinggi-tinggi jika akhirnya hanya kembali jadi petani. Tidak adanya keterjaminan pekerjaan setelah lulus dari perguruan tinggi menyebabkan mindset orang di daerah enggan menyekolahkan anaknya tinggi-tinggi. Dalam hal ini sebaiknya pemerintah mengupayakan kerja sama antara kementrian tenaga kerja dengan kementrian perguruan tinggi agar lulusan dari perguruan tinggi dapat segera memperoleh pekerjaannya meskipun status awalnya hanya sebagai magang diperusahaan. Jadi tidak ada lagi yang namanya sarjana tekhnik pengaguran atau sejenisnya.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  43. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Pendidikan di Indonesia juga masih membutuhkan kekonsistenan dalam menerapkan kebijakan, ada kecenderungan bahwa tiap ganti pemerintahan maka berganti pula kurikulum, kurikulum baru sedang akan dijalankan namun karena pergantian pemerintahan maka kemudian kurikulum warisan orde sebelumnya itu dihentikan. Jadi pendidikan di Indonesia banyak waktu yang terbuang hanya untuk beradaptasi dengan apa maunya pemerintah, yang satu belum berjalan dengan baik, sudah diganti lagi karena pergantian sistem pemerintahan.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  44. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Pendidikan merupakan bagian dari praktek kultural maupun proses transformasi sosial. Pada umumnya praktek penyelenggaraan pendidikan dalam suatu masyarakat dilatar belakangi adanya pertimbangan-pertimbangan subyektif masing-masing masyakat berupa filosofi, nilai-nilai, serta suatu prinsip yang dipilih. Sayangnya sistem Pendidikan Indonesia belum mempunyai bentuk yang jelas dikarenakan kita masih menjadi bangsa yang mencari bentuk. Tentunya semua masyarakat memiliki andil dalam memperbaiki sistem pendidikan Indonesia, namun yang paling berpengaruh, seperti pemerintah, perlu mengarahkan kemana tujuan pendidikan kita. Adapun tujuan pendidikan sudah seharusnya selaras dengan falsafah kehidupan negara ini, yaitu pancasila.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  45. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Sistem pendidikan yang ada di Indonesia masih menganut sistem pendidikan yang telah dikemukakan oleh dunia-dunia barat sehingga Indonesia masih terus mengikut apa yang telah dibuat, dan sesuai apa yang telah di buat pada peta pendidikan dunia, sistem pendidikan di Indonesia harusnya menganut sistem pendidikan demokrasi Pancasila yang dalam menempuh pendidikannya mengikuti nilai-nilai pancasila yang telah menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  46. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Bagi saya, tidak terlalu penting negara lain memiliki sistem pendidikan apa. Kita kembali saja menuju sila-sila pancasila yang 5 itu, karena telah mengajarkan semuanya. Mengenai ketaatan pada Tuhan, cara memperlakukan manusia, bagaimana agar bangsa dapat selalu bersatu dalam keragaman, dipimpin oleh orang yang berilmu dan suka bermusyawarah, agar tercipta Indonesia yang adil sejahera. Pancasila adalah tidak ada duanya kedahsyatannya asal kita mau mengimplementasikannya dengan baik. Warisan jenius dari para jenius pendahulu kita.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  47. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Pada peta 1 tentang pendidikan dunia, Indonesia masih terletak pada pendidikan yang konvensional. Bila dilihat pada tabel, Indonesia masih berada pada Industrial Trainer, Technological Pragmatis, dan Old Humanis karena kemampuan negara kita masih sebatas pada posisi itu. Tetapi idealnya Indonesia mengarah pada inovasi pendidikan yang dilihat dari tabel yang paling kanan yaitu public educator, dimana terdapat politik demokrasi, matematika sebagai aktivitas sosial, dan nilai moral yang berlandaskan keadilan sosial dan kebebasan.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id