Mar 20, 2013

Mathematics and Language 12



@David: My exchange with you is about dimension of communication. For me, there was no contradiction of my previous statement. You are still in the stage of formal thinking (math way) to translate language phenomena. If you wish to understand the life better by translating language of life, so you need to improve (lift up) your dimension of communication i.e. go into the normative stage. It was very clear, in my perspective, from normative dimension, that technology is the product of adults, however we should be wise to use them to facilitate the younger learner. In the case of interaction with the adults' product, the younger should have their own determination, effort, creativity in the scheme of constructing their life (math). Finish.
Further, still about the term 'contradiction', I will say that as other phenomena, this also has its dimension. The mathematical contradiction is different with the normative contradiction. The contradiction in mathematics means 'inconsistency'; but in the normative dimension, it means not in accord with the Identity rule.

24 comments:

  1. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan elegi di atas yang dapat saya simpulkan adalah tentang istilah 'kontradiksi' bahwa sebagai fenomena yang lainnya ini juga memiliki dimensinya. Kontradiksi matematika berbeda dengan kontradiksi normatif. Kontradiksi dalam matematika berarti 'tidak konsisten' tetapi di dimensi normatif artinya tidak sesuai dengan aturan identitas.

    ReplyDelete
  2. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Dalam berkomunikasi dengan siswa, guru jangan sampai membawa pemikiran murni matematika karena guru akan menghadapi kesulitan atau guru memaksa siswa untuk berpikir yang sama sepertinya, dengan demikian maka masalah guru akan selesai, namun siswa tidak bisa menerimanya. Dalam berkomunikasi dengan siswa, memang sudah seharusnya guru memanfaatkan teknologi yang ada, namun tetap dalam batasan tertentu untuk memfasilitasi siswa kita

    ReplyDelete
  3. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Motivasi perlu diberikan guru untuk menyemangati siswa dalam belajar matematika. Guru harus menjadi inspirasi itulah yang penting. Karena matematika sudah dianggap sulit, maka dalam mengkomunikasikan konsep yang ada haruslah menggunakan bahasa yang dapat membuat siswa memahami setiap konsep yang diajarkan. Bahasa anak itulah yang harus digunakan guru. Apalagi di zaman yang semakin maju ini, guru harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada dalam menyampaikan pelajaran matematika sehingga dapat menciptakan inovasi yang dapat membantu siswa memahami matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  4. Siti Mufidah
    13301241036
    Pendidikan Matematika A 2013

    Bahasa sadalah salah satu sarana untuk berkomunikasi dalam kehidupan, sehingga kita dapat berkomunikasi orang lain. Dalam pembelajaran terjadi komunikasi antara pendidik atau guru dengan peserta didik. Begitu pula dalam matematika, matematika dapat menjadi bahasa untuk berkomunikasi. Misalnya, matematika dalam persandian dapat menjadi bahasa komunikasi dalam berkirim informasi atau berita. Penyampaian materi matematika disesuaikan dengan tingkatan siswa.Bahasa matematika yang tinggi diberikan untuk peserta didik dengan pengetahuan yang tinggi, dan begitu pula untuk peserta didik pemula. Jadi, komunikasi matematika disesuaikan dengan tingkatan atau lawan bicara.

    ReplyDelete
  5. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP/B
    I have seen that the language used by mathematical teachers has impact on what the students get from those teachers. i suggest using native language to teach mathematics for the first 3 years of primary schools. this is good for having the outstanding background about mathematics.

    ReplyDelete
  6. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    bapak marsigit berpendapat bahwa teknologi yang merupakan produk dari orang dewasa, namun kita harus bijak menggunakannya untuk memfasilitasi peserta didik yang lebih muda. Dalam kasus interaksi dengan produk orang dewasa ', yang lebih muda harus memiliki tekad mereka sendiri, usaha, kreativitas dalam skema membangun hidup mereka (matematika).

    ReplyDelete
  7. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Tidak ada yang benar di dunia, semuanya penuh kontradiksi. Sebenar-benar kebenaran hanyalah milik Allah. Begitu pula dalam matematika, banyak terjadi berbagai kontradiksi. Kontradiksi dalam matematika berarti inkonsistensi, tetapi di dimensi normatif, artinya tidak sesuai dengan aturan identitas.

    ReplyDelete
  8. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    berkomunikasi matematika itu diperlukan untuk memabngun pemahamn matematika pada [eserta didik, dengan komunikasi juga siswa dapat memabngun pengetahuannya, komuniakasi jug abisa menjadi fasiltasi untuk meningkatkan kreatifitas siswa, pehama konsep siswa.

    ReplyDelete
  9. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Kontradiksi merupakan sebagai fenomena lain yang memiliki dimensinya. Setiap apapun yang terjadi di dunia pasti ada kontradiksi maka dari itu perlu adanya sebuah komunikasi terutama di dalam hal belajar matematika. Komunikasi tersebut melibatkan interaksi guru dengan siswa dan siswa dengan siswa yang lainnya. Proses pembelajaran yang menggunakan pola komunikasi semacam ini akan membuat kegiatan siswa dalam kelas menjadi berkembang. Mereka dapat melakukan interaksi dengan sesama teman selain hanya dengan guru.

    ReplyDelete
  10. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika I 2013

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    In my opinion, teacher should make different between adult thinking and chidren thinking. Well, in education world, of course, mathematics education is more useful than pure mathematics. I know someone that study in pure mathematics. But, He teachs students. And he said that material of mathematics education is more useful. We know that each person has different way of thinking. Communicate is become really important thing. Use of language is also important in communicating with students. Become a teacher is same with "don't care about my self, the important thing is my students". So, for teacher, students is the most important thing in their life. Isn't it true? I think that is enough. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  11. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Dalam pembelajaran, guru sebagai orang dewasa memiliki Bahasa sendiri dalam mengungkapkan sesuatu sesuai dengan tingkat perkembangannya. Namun sayangnya, guru terkadang tidak memahami kondisi ini dimana Bahasa yang ia gunakan tidaklah cocok digunakan bagi siswanya. Sehingga muncullah fenomena siswa yang menyerah dengan matematika karena matematika terlihat asing baginya (karena Bahasa tingkat tinggi). Idealnya, guru seharusnya melakukan transformasi dulu terhadap konten matematika dalam bahasanya ke Bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

    ReplyDelete
  12. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dalam pembelajaran yang dilakukan oleh pelajar muda, seharusnya mereka menemukan, berusaha, dan berkreativitas dalam membangun skema kehidupan (matematika).
    Namun, dalam hal ini, guru berfungsi untuk mmbimbing siswanya dalam mengembangkan skema mereka. Guru dapat memberikan pengalman-pengalaman dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan yang dekat dengan kehidupan mereka. Sehingga, hal ini akan memudahkan siswa dalam mengembangkan kemampuan dalam menyelesaikan persoalan matematika mereka.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  13. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Komunikasi memiliki dimensi yang berbeda. Maka seharusnya kita sebagai guru memahami kepada siapa kita akan berkomunikasi. Jika kita berkomunikasi dengan peserta didik maka berkomunikasilah sesuai dengan dimensi mereka. Sejalan dengan itu maka ajarkanlah matematika sesuai dengan dimensi mereka pula. Karena komunikasi memiliki hubungan dengan matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  14. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Siswa adalah dunia yang berbeda, guru juga dunia yang berbeda. Maka guru tidak dapat memaksakan apa yang dipikirkan dalam dunianya pada dunia siswa. Maka perlu adanya pemahaman dan komunikasi yang baik dalam mentrasferkan pengetahuan atau informasi matematika. karena sesungguhnya matematika itu sendiri adalah sebuah dunia yang berstruktur yang luas.

    ReplyDelete
  15. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Ada empat dimensi dalam dunia yaitu material, formal, normatif dan spiritual. Bahkan ketika kita berbicara, kita harus mempertimbangkan empat hal ini. Saya sangat yakin bahwa bahasa, akan menentukan hasil dari percakapan. Kita tidak akan mencapai tujuan kami, jika masih ada missunderstanding dalam komunikasi.

    ReplyDelete
  16. RAHMANITA SYAHDAN
    16709251013
    PPs Pmat A 2016

    Bismillahirrahmanirrahim
    Matematika merupakan ilmu yang terstruktur, siswa akan mudah memahami suatu topik matematika jika mereka sudah memahami materi yang menjadi dasar dari topik itu. Karena itu, belajar dengan pemahaman membuat rangkaian pembelajaran lebih mudah. Apalagi jika dikaitkan dengan kehidupan yang selalu berubah-ubah, maka belajar dengan pemahaman merupakan hal penting dan menjadi suatu keharusan, karena memberikan kesempatan kepada siswa menggunakan apa yang mereka pelajari untuk menyelesaikan masalah-masalah baru yang akan mereka hadapi dimasa yang akan datang.
    Lemahnya pedagogik pengajaran matematika dapat menimbulkan masalah pembelajaran kepada siswa, seperti kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika, yang akhirnya berdampak kepada rendahnya kemampuan matematika siswa secara umum, dan khusunya kemampuan komunikasi matematik. Menurut Ahmad, dkk., (2006), sikap dan minat siswa terhadap matematika dapat diubah sekiranya mata pelajaran matematika dapat mengatasi kelemahan yang mereka hadapi. Umumnya, para siswa menyadari betapa pentingnya mereka harus menguasai pelajaran matematika. Sebaliknya, siswa menjadi tidak berminat dan bosan dengan pelajaran matematika disebabkan oleh cara mata pelajaran itu diajarkan.
    Lebih jauh Ahmad, dkk. (2006), mengemukakan bahwa sebagian besar guru matematika di sekolah kurang memahami masalah pembelajaran dan juga tidak dapat menyesuaikan cara, pendekatan dan kaidah pengajaran untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan matematik mereka dengan progresif dan dinamis. Pendekatan pengajaran matematika yang lemah dan tidak profesional menyebabkan kemahiran matematika menjadi sukar dikuasai oleh siswa. Akibatnya banyak siswa gagal menguasai kemampuan matematika dan seterusnya kurang berminat dengan mata pelajaran matematika tersebut.
    Dari kajian yang telah dikemukakan di atas, menunjukkan bahwa komunikasi matematik merupakan kompetensi penting yang harus dikembangkan pada siswa. Pembelajaran selama ini belum memberikan perhatian terhadap pengembangan kompentensi ini, seperti yang dikemukakan Fauzan (2007) dan temuan Ary Kenedi di atas. Untuk itu, perlu dipikirkan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi siswa, dan memberikan ruang bagi siswa untuk berlatih mengomunikasikan matematik dan berkomunikasi secara matematik dengan baik.
    Disadur dari makalah Ary Kenedi.

    ReplyDelete
  17. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Dalam elegi mathematics and language 12 ini, dijelaskan bahwa matematika dan bahasa adalah segala sesuatu yang saling berkaitan. Matematika butuh dikomunikasikan karena banyak simbol dalam matematika yang jika tidak dikomunikasikan akan menjadi tidak bermakna. Sementara itu, kontradiksi dalam matematika salah satunya digunakan untuk menunjukkan kemustahilan dari suatu pernyataan yang berlawanan atau pernyataan yang tidak akan pernah mempunyai jawaban seperti yang dilakukan oleh para pengikut Pythagoras bahwa akar dua tidak akan pernah bisa dinyatakan dalam pecahan.

    ReplyDelete
  18. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Salah satu alat komunikasi yang dapat digunakan guru dalam membelajarkan matematika pada siswa ialah dengan menggunakan teknologi. Namun, penggunaan teknologi tidak hanya sembarang menggunakan, tetapi harus memperhatikan banyak hal. Diantaranya, kita harus memastikan bahwa teknologi tersebut dapat benar-benar mengkomunikasikan matematika pada siswa. Komunikasi yang diciptakan ialah komunikasi yang sesuai dengan kapasitas dan kemampuan siswa. Meski demikian, siswa perlu berusaha dan mengembangkan kreativitasnya dalam mengkonstruksi matematika.

    ReplyDelete
  19. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Di sini seolah tergambar perbedaan semesta pembicaraan antara pribadi masing-masing di atas. Namun Setidaknya saya masih berpegangan bahwa untuk pelajar muda, mereka tetap harus diberikan asupan bahasa dan simbol-simbol matematika sesuai dengan yang mereka butuhkan. Meskipun bahasa yang digunakan di buku-buku teks pelajaran matematika da diajarkan kepada siswa, adalah bahasa dan simbol dari matematikawan murni, mungkin ini yang dimaksud oleh Mr. Reid bahwa Matematikawan murni juga diperlukan untuk membangun kurikulum matematika. Sekarang yang jadi permasalahan adalah bagaimana membangun kurikulum dengan bahasa dan simbol-simbol matematika tanpa campur tangan matematikawan murni, maksud saya apakah siswa juga harus mengamati dan merasakan matematika dengan buta tanpa ada penjelasan matematis dari simbol-simbol formal?

    ReplyDelete
  20. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Bahasa guru tentu berbeda dengan bahasa anak. Maka dalam pembelajran matematika, guru harus pandai menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa seumuran mereka. Dengan demikian, komunikasi menjadi hal utama yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran karena komunikasi menentukan atau menjembatani tranmsfer knowledge guru ke siswa.


    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh








    ReplyDelete
  21. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    1+1=2 bisa saja kontradiksi jika kita memandangnya dengan ruang dan waktu. karena satu+satu yang kita pikirkan sifatnya absolut, dan ketika dituliskan maka jamak. Satu yang mana yang ditambahkan satu. Sehingga dalam memberikan pemahaman konsep, guru harus jelas dan tidak menimbulkan kesalahan persepsi. Disini komunikasi penting dalam penyampainnya, gunakan bahasa yang sesuai dalam pembelajaran matematika sesuai dengan tingkatan siswanya. Tidaklah benar bahasa digunakan sama pada siswa sekolah dasar dan siswa sekolah menengah. Satunya kebingungan, satunya jenuh.

    ReplyDelete
  22. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    bahasa adalah salah satu alat yang menjadikan kita mampu berkomunikasi satu dan lainnya, antara guru dan siswa dan lain sebagainya. Sehingga dari komunikasi lah kita mampu memahamkan materi yang diajarkan oleh guru kepada peserta didik.

    ReplyDelete
  23. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Kemampuan komunikasi merupakan salah satu kemmapuan yang penting yang perlu dimiliki oleh setiap individu. Terutama bagi guru, guru harus mempunyai kemmapuan komunikasi yang baik sehingga guru mampu membahasakan materi nya sehingga dapat dimengerti dengan baik oleh siswa. Matematika juga merupakan sebuah bahasa, bagaimana guru mampu membahasakan matematika tersebut dengan dunia siswa nya sehingga dapat dimengerti dengan baik oleh siswa nya.

    ReplyDelete
  24. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Sebagai seorang guru, pemahaman dan pengetahuan kita pasti bebeda dengan siswa. Di dalam kegiatan pembelajaran, guru tidak boleh memaksakan pengetahuan dan pemahamannya kepada siswa secara mentah-mentah. Guru harus bisa memfasilitasi siswa untuk mengeksplorasi sendiri pengetahuan dan memfasilitasi siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri. Hal ini bertujuan agar pemahaman dan pengetahuan siswa menjadi lebih bermakna karena dibangun atas intuisi sendiri.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id