Jul 31, 2010

Elegi Menggapai Awal dan Akhir Kedua

Oleh Marsigit

Awal dan akhir adalah semua yang ada dan yang mungkin ada.
Maka tiadalah awal dan akhir itu di luar waktumu.


Awal dan akhir bukanlah tentang semua yang ada dan yang mungkin ada.
Maka awal dan akhir itu berada dalam pikiranmu.
Tiadalah awal jika dia bertemu dengan akhir.
Padahal aku menyaksikan awal berada di dalam akhir.
Tetapi yang demikian aku menjadi merasa tidak adil.
Karena aku bisa mengatakan bahwa akhir berada dalam awal.
Tiadalah akhir jika dia itu bertemu dengan awal.
Padahal aku menyaksikan akhir berada di dalam awal.
Tetapi yang demikian aku menjadi merasa tidak adil.
Karena aku bisa mengatakan bahwa akhir berada dalam awal.
Jika awal dan akhir itu berada di luar pikiranmu.
Maka itulah awal sama dengan akhir.
Padahal aku menemukan awal tidak sama dengan awal.
Aku juga menemukan akhir tidak sama dengan akhir.
Jika engkau bingung tetapkanlah saja awal tidak sama dengan akhir.
Jika engkau bersemangat awal mungkin sama dengan akhir.
Maka segala yang ada dan yang mungkin ada adalah awal dan akhir.
Jika awal dan akhir itu satu.
Maka Yang Satu itu Yang Kuasa.
Jika awal dan akhir itu banyak.
Maka aku termasuk di dalamnya.
Jika awal dan akhir itu diriku.
Itulah yang ada dan yang mungkin ada.
Jika awal dan akhir itu diri Nya.
Maka sudah pastilah ketetapan Nya.
Maka aku menemukan bahwa diriku itu berada di antara awal dan akhir.
Jika engkau ragu, itulah karena mereka berada di luar pikiranmu.
Sedangkan jika engkau paksakan mereka berada dalam pikiranmu.
Maka engkau masih diminta pertanggungjawabannya.
...
Maka renungkanlah.

32 comments:

  1. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Awal adalah lawan dari akhir. Awal dan akhir adalah semua yang ada dan yang mungkin ada. Ada awal kehidupan yaitu kelahiran, ada akhir kehidupan yaitu kematian. Ada awal dunia yaitu terbentuknya alam semesta, ada pula akhir dunia yaitu hari kiamat. Kita saat ini berada diantara awal dan akhir, diantara awal kehidupan dan akhir kehidupan, diantara awal dunia dan akhir dunia. Hanya satu yang tidak berawal dan tidak berakhir, yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  2. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Di dunia ini, dalam kehidupan, tidak segalanya berada dalam pikiran kita. Awal dan akhir tidak dalam pikiran kita. Segala keputusan kita, tak pernah terpikirkan sebelunya, bahwa kita akan sampai pada titik keputusan kita itu. Aku lahir di dunia, juga bukan dari keputusanku.
    Dalam hal ini, manusia haruslah rendah hati, dan selalu engingat, bahwa di atas kita ada kekuasaan yang maha Agung, yang absolut, yang adalah awal dan sekaligus akhir. Maka, senantiasalah berdoa kepada Sang Awal dan Sang Akhir itu.

    ReplyDelete
  3. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami menyadari bahwa setiap akhir adalah awal yang baru dari sesuatu, awal dan akhir adalah sebuah proses yang terus berguling dan silih berganti. Manusia ada didunia dimulai dari lahir diakhiri dengan kematian dan dimulai kembali kehidupan setelah mati. Kami menyadari bahwa Tuhan menciptakan awal dan akhir pasti ada hikmahnya, salah satu hikmah yang dapat kami petik adalah kami harus berusaha dan mampu mengawali sesuatu dengan sebaik mungkin dan tak lepas dari nilai spriritual agar mendapat hasil terbaik pula diakhir dan sehingga bisa menjadi awalan yang baik untuk proses selanjutnya.

    ReplyDelete
  4. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017

    Kita sering mengatakan bahwa akhir adalah awal dari sebuah era yang baru. Misalnya akhir masa SD adalah awal dari masa SMP. Akhir masa SMP adalah awal dari masa SMA, dan seterusnya. Namun permasalahannya kita tidak bisa menyebut sesuatu sebagai akhir jika setelah akhir masih ada awal. Karena yang namanya akhir adalah akhir, bukan awal. Hal seperti inilah yang kemudian menimbulkan sebuah kebingungan.

    ReplyDelete
  5. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Awal dan akhir itu berbeda jika merupakan obyek pikir diluar pikiran kita. Awal dan akhir berbeda karena terikat oleh ruang dan waktu. Awal dan akhir itu bersifat relatif misalnya jika kita mengakhiri perbuatan buruk kita, itu sama saja mengawali perbuatan baik kita, namun bisa juga tetap melakukan keburukan setelah mengakhiri keburukan. Namun awal dan akhir bisa sama jika merupakan obyek pikir didalam pikiran kita.

    ReplyDelete
  6. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Dari elegi tersebut, dapat dikatakan bahwa awal dan akhir bukan lah sesuatu yang ada dan yang mungkin ada, akan tetapi awal dan akhir itu sesuai dengan pandangan atau pikiran seseorang. Antonim dari kata awal adalah akhir, sehingga apabila ada awal maka pasti ada akhirnya. Seperti awal hidup nya manusia, maka akhirnya setiap yang hidup pasti akan mati. Akan tetapi dalam akhir itu sendiri, bukanlah akhir dari segalanya akan tetapi merupakan awal bagi yang baru. Awal dan akhir itu sesuai dengan sudut pandang pikiran seseorang dan waktu yang bersangkutan dengan seseorang itu sendiri.

    ReplyDelete
  7. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh


    Adaya awal pasti akan muncul akhir, awal pun bisa dianggap sebagai akhir, tergantung dari sisi mana kita memandang. Awal mulainya sesuatu, pastilah berasal dari akhirnya sesuatu yang lain. Setiap yang berawal pasti berakhir, yang berawal Tesis akan berakhir oleh anti-tesis, Munculnya anti-tesis adalah awal dari munculnya sintesis, sintesis yang baru akan menjadi tesis yang baru pula, dan tesis yang baru akan diakhiri oleh anti-tesis yang baru pula. Begitu seterusnya hingga awal dan akhir adalah sesuatu yang setara tergantung bagaiman kita memandangnya.

    ReplyDelete
  8. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Ketika ada akhir, maka pasti aka nada awal. Namun dengan adanya awal belum tentu akan ada akhir karena masih berlanjuut secara kontinu. Awal dan akhir dapat saling terhubung dapat pula terpisah. Bagaimanapun awalnya, kita semua akhirnya akan berkumpul menjadi satu di hari akhir nanti.

    ReplyDelete
  9. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Semua hal tentu ada awalnya dan ada akhirnya tapi awal bisa jadi akhir dan akhir bisa jadi awal. misal awal penciptaan adam, awal adanya hawa. Hal tersebut juga bisa jadi menjadi akhir, akhir penciptaan manusia laki-laki dan perempuan. Misalnya lagi kepemimpinan presiden A kemudian diganti presiden B. Pada pergantian itu merupakan akhir dari presiden A tapi awal dari presiden B. Mohon dikoreksi apabila salah dalam merefleksi.

    ReplyDelete
  10. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Awal dan akhir itu sifatnya nyata dalam setiap kehidupan manusia. Namun, ada bias antara definisi awal dan akhir. Terkadang apa yang dianggap akhir merupakan awal. Dan awal bisa menjadi akhir, jika percaya. Yang pasti, hidup untuk hari ini merupakan penggambaran sempurna bagi kita yang tidak tahu rahasia awal dan akhir yang ditulis Tuhan dalam buku skenarioNya.

    ReplyDelete
  11. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY


    Kita berada diantara awal dan akhir. Apakah awal dan akhir itu? Jika kita berada di antara awal dan akhir, maka kita tidak berada di awal juga belum berada di akhir, maka tidak ada dari kita yang dapat benar-benar mendefinisikan keduanya. Dan yang sebenar-benar pengetahuan awal dan akhir hanyalah milik-Nya.

    ReplyDelete
  12. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Awal dan akhir. Adanya awal memungkinkan adanya akhir. Konsep awal dan akhir selalu melekat dalam kehidupan kita dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Awal dan akhir adalah suatu keniscayaan. Karena Tuhan yang tak berawal dan tak berakhir, memulai awal kehidupan manusia dan pastinya akan ada kata akhir untuk itu. Satu hari diawali dengan terbitnya matahari dan berakhir ketika matahari kembali terbit esoknya. Awal hari ini merupakan akhir hari kemarin, dan akhir hari ini adalah awal hari esok. Kita manusia diciptakan untuk beribadah pada waktu yang telah diberikan di antara awal dan akhir itu.

    ReplyDelete
  13. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Kehidupan berdimensi awal dan akhir. Setiap akhir adalah awal dari sesuatu yang baru. Manusia hidup di dunia yang memiliki keterbatasan ruang dan waktu. Manusia lahir, hidup di dunia, hingga akhirnya meninggal. Kelahiran manusia adalah awal dari kehidupan baru dalam dunia luar sebagai manusia dan akhir dari kehidupan di alam kandungan. Dalam menjalani kehidupan, ada pula saat-saat awal dan saat-saat akhir, sampai pada akhirnya ada saat akhir manusia di dunia dan mengawali kehidupan di alam lain.

    ReplyDelete
  14. Nurika Miftahuljannah
    17709251060
    PPs P. Mat C
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Ada awal ada akhir. Allah menciptakan awal dengan birth (kelahiran). Setiap orang yang ada di dunia ini pasti diawali dengan kelahiran, baik proses kelahirannya secara normal maupun cesar. Kemudian tumbuh dan berkembang. Dalam setiap perjalanan hidupnya, seseorang akan selalu dihadapkan pada choice (pilihan), memilih keputusan bijak yang harus diambil setiap ada yang harus dipilih. Terakhir adalah dead (kematian). Inilah akhir dari awal yang sesungguhnya.
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  15. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Ada awal dan ada akhir, awal dan akhir merupakan proses terjemahan dari pemikiran. Segala awal dan akhir dimulai dari pemikiran kita. Maka dari itu ketika kita ingin mengawali sesuatu, mulailah sejak dalam pikiran. Begitu juga sebalikanya, jika kita ingin mengakhiri sesuatu maka akhirilah sejak dalam pikiran.

    ReplyDelete
  16. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Segala hal baik yang ada dan yang mungkin ada dapat menjadi awal dan akhir, awal dan akhir selalu dalam dimensi waktu kita. Adanya awal tentu karena adanya akhir, adanya keduanya karena ada batasan, walaupun sebenarnya awal dan akhir ini tak berhingga. Awal dan akhir yang pasti hnyalah dari AllahSwt.

    ReplyDelete
  17. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Dalam olah pikiran, awal dan akhir sesungguhnya terjadi. Karena kita bisa mngawali berpikir dan mengakiri berpikir. Dalam dunia nyata, awal dan akhr hanyalah milik orang yang tidak berpikir dan berpikir, karena sesungguhnya sangat kompleks sekali memikirkannya.

    ReplyDelete
  18. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Kehidupan manusia di dunia berawal ketika ia dilahirkan oleh ibunya dan akan berakhir ketika ia mati. Namun, sejatinya sebelum manusia itu lahir, ia telah berada di suatu alam yang disebut alam kandungan. Kelahirannya itu merupakan suatu akhir dari alam kandungan. Begitu pula dengan kematian. Kita menganggap bahwa akhir kehidupan manusia adalah kematian, namun sebenarnya kematian adalah awal dari kehidupan manusia di alam kubur.
    Kehidupan kita di dunia ini selalu berhubungan dengan yang namanya awal dan akhir. Tidak akan ada akhir bila tidak ada awal, begitupun sebaliknya. Awal dan akhir merupakan suatu rangkaian yang tidak akan terpisahkan. Awal dan akhir kehidupan semata-mata hanyalah ketentuan Allah SWT. Dia-lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu di alam semesta ini

    ReplyDelete
  19. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Awal dan akhir itu relatif pada pikiran manusia.Bagi manusia satu mungkin akhir dari suatu usahanya namun bagi manusia lagi itu meruakan awal dari suatu perjuangannya, namun awal dan akhir adalah pasangan yang tidak dapat dipisahkan, karena adanya suatu akhir dimulai dari suatu awal begitupun sebliknya.
    Manusia itu terbatas dan lemah tidak bisa mendefin isikan awal dan akhir itu kapan.
    Awal dan akhir merupakan suatu rangkaian yang tidak akan terpisahkan.

    ReplyDelete
  20. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Membicarakan awal dan akhir sejalan dengan pembicaraan dengan ruang dan waktunya. Awal dan akhir itu berbeda posisi ruang dan waktunya. Memiliki sebab dan akibat pada masing-masing tersebut. Adanya awal, pasti ada akhir. Maka dari itu posisi kita benar berada di tengah-tengah awal dan akhir. Awal seperti halnya usaha yang hasilnya akan dinanti di akhir. Ya, jika pikiran kita berbeda dengan nyatanya, maka semua itu takdir dari Allah yang wajib kita syukuri pula. Maka berendah hatilah dalam menjalani sesuatu. Karena berendah hati berbeda dengan rendah diri.

    ReplyDelete
  21. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Sebenar-benar manusia berada diantara yang awal dan akhir. Awal ialah yang telah berlalu tetapi bukan berakhir dan kita tidak akan tahu kapan akhir itu akan terjadi. Tetapi akhir merupakan sesuatu yang pasti terjadi dan harus kita yakini. Yang dapat kita lakukan adalah mempersiapkan akhir agar akhir yang kita miliki ialah akhir yang indah, akhir yang khusnul khotimah.

    ReplyDelete
  22. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Alhamdulillah, terimakasih prof. Marsigit karena saya berkesempatan membaca elegi ini. Sungguh menjadi instropeksi bagi diri saya bahwa seharusnya kita tidak perlu berkutat padahal penerjemahan awal dan akhir, dua sifat yang saling berlawanan namun saling melengkapi. Namun yang terpenting adalah kita dimanakah posisi kita sekarang, kalau sekarang kita berada diantara keduanya, maka jelas kita pasti akan menjumpai akhir. Meski kita tidak tahu apakah kita ada ketika di awal atau tidak, tetapi pernyataan yang paling menyayat hati adalah jika awal dan akhir itu diri Nya, maka sudah pastilah ketetapan Nya. Dan aku menemukan bahwa diriku itu berada di antara awal dan akhir, dan sudah pasti kita akan dimintai pertanggungjawaban di akhir kelak. Tiba-tiba aku mulai berpikir, apa yang saya pertanggung jawabkan di akhir nanti, terimakasih prof telah mengingatkan.

    ReplyDelete
  23. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Penentuan awal dan akhir tergantung sudut pandang seseorang. Sesuatu bisa menjadi awal bagi seseorang, namun bisa menjadi akhir bagi yang lainnya. Namun kita selalu berada di antar keduanya.

    ReplyDelete
  24. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Segala sesuatu di dunia ini pasti memiliki awal dan akhirnya. Awal dan akhir dari makhluk-makhluk Allah, termasuk kita, manusia, berada di tangan Allah. Awal dan akhir kita adalah ketentuan Allah.
    Kita sebagai manusia telah memiliki berapa awal dan akhir. Kematian merupakan awal kehidupan di alam lain.
    Oleh karena itu, kita harus menggunakan waktu di dunia sebaik mungkin untuk mengumpulkan bekal untuk kehidupan kita selanjutnya di alam yang lai

    ReplyDelete
  25. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Awal dari hidup manusia adalah ketika dia mendapatkan ruh dari Allah SWT di dalam kandungan, dan akhir dari hidup manusia adalah ketika dia mengehembuskan napas terkahirya di dunia. Maka manusia yang hidup itu dia berada di antara perbatasan antara awal dan akhir hidupnya. Seperti itu pula dalam ilmu, awalnya adalah ketika bertanya dan akhirnya adalah ketika menjadi mengerti, dapat menggunakan ilmu itu untuk membangun kehidupan
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  26. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dari elegi diatas dapat dipahami bahwa tiadalah awal tanpa akhir dan tiadalah akhir tanpa awal.
    Awal dan akhir terkait dengan semua yang ada dan yang mungkin ada. Semua yang berasal dari kehampaan akan kembali menuju kesunyian abadi. Segala yang berawal pasti akan berakhir. Sesuatu yang berakhir bukanlah sebuah keabadian. Keabadian tak akan pernah berakhir. Keabadian akan selalu ada, kapan pun dan di mana pun.

    ReplyDelete
  27. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Segala sesuatu yang ada di dunia ini pastilah memiliki awal dan akhir. Begitu juga dengan segala sesuatu yang mungkin ada di dunia ini juga memiliki awalan dan akhiran. Namun, perbedaan keduanya adalah awalan pada sesuatu yang ada itu sudah nampak. Namun awalan dari sesuatu yang mungkin ada tidak akan nampak sebelum sesuatu yang mungkin ada itu diadakan oleh pengada.
    TAMMA BIHADILLAH

    ReplyDelete
  28. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    seseorang saling melengkapi satu sama lain. Melengkapi dengan identitas masing masing. Kita bisa mengibaratkan rumah membutuhkan tukang batu, kayu, dan sejenisnya. Saling melengkapi satu sama lain, sebab semakin banyak pengalaman yang kita dapat dan pelajari maka semakin kuat pondasi hidup kita. Semakin luas sudut pandang dan semakin ikhlas dalam berfilsafat sehingga pribadi kita semakin baik dan bermanfaat. Sebab dalam kehidupan manusia ada tesis akan berakhir oleh anti-tesis, Munculnya anti-tesis adalah awal dari munculnya sintesis, sintesis yang baru akan menjadi tesis yang baru pula, dan tesis yang baru akan diakhiri oleh anti-tesis yang baru pula.

    ReplyDelete
  29. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C
    segala sesuatu pasti mengalami awal dan akhir. Seperti awal lahirnya manusia adalah kehidupan, maka akhirnya manusia adalah kematian. Akan tetapi akhir itu bukanlah akhir dari segalanya, bisa saja merupakan awal dari yang baru.

    ReplyDelete
  30. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Setelah saya membaca elegi menggapai awal dan akhir kedua, saya mengaitkan dengan ruang dan waktu sesuai filsafat yang tengah saya pelajari namun sejatinya jika menurut saya, awal adalah permulaan sesuatu itu terjadi dan akhir kedua itu awal kehidupan kita didunia akhirat.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  31. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Semua yang berasal dari kehampaan akan kembali menuju kesunyian abadi. Segala yang berawal pasti akan berakhir. Sesuatu yang berakhir bukanlah sebuah keabadian. Keabadian tak akan pernah berakhir. Keabadian akan selalu ada, kapan pun dan di mana pun.
    Keabadian adalah puncak dari segala sesuatu. Puncak dari segala yang awal dan yang akhir.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  32. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B
    Awal kehidupan di dunia merupakan sebuah kelahiran. Akhir kehidupan adalah sebuah kematian. Namun kematian juga merupakan awal dari kehidupan yang kekal abadi. Awal dan akhir kita telah ditetapkan oleh pemilik ketepatan yaitu Allah swt. Kita sebagai manusia tidak akan tahu datangnya awal dan akhir kita. Maka kita hanya dapat berikhtiar dan berdoa agar mendapatkan akhir kehidupan yang khusnul khotimah. Dan menyambut awal kehidupan yang kekal dengan kebagiaan. Terimakasih

    ReplyDelete