Jul 31, 2010

Elegi Menggapai Awal dan Akhir Kedua

Oleh Marsigit

Awal dan akhir adalah semua yang ada dan yang mungkin ada.
Maka tiadalah awal dan akhir itu di luar waktumu.


Awal dan akhir bukanlah tentang semua yang ada dan yang mungkin ada.
Maka awal dan akhir itu berada dalam pikiranmu.
Tiadalah awal jika dia bertemu dengan akhir.
Padahal aku menyaksikan awal berada di dalam akhir.
Tetapi yang demikian aku menjadi merasa tidak adil.
Karena aku bisa mengatakan bahwa akhir berada dalam awal.
Tiadalah akhir jika dia itu bertemu dengan awal.
Padahal aku menyaksikan akhir berada di dalam awal.
Tetapi yang demikian aku menjadi merasa tidak adil.
Karena aku bisa mengatakan bahwa akhir berada dalam awal.
Jika awal dan akhir itu berada di luar pikiranmu.
Maka itulah awal sama dengan akhir.
Padahal aku menemukan awal tidak sama dengan awal.
Aku juga menemukan akhir tidak sama dengan akhir.
Jika engkau bingung tetapkanlah saja awal tidak sama dengan akhir.
Jika engkau bersemangat awal mungkin sama dengan akhir.
Maka segala yang ada dan yang mungkin ada adalah awal dan akhir.
Jika awal dan akhir itu satu.
Maka Yang Satu itu Yang Kuasa.
Jika awal dan akhir itu banyak.
Maka aku termasuk di dalamnya.
Jika awal dan akhir itu diriku.
Itulah yang ada dan yang mungkin ada.
Jika awal dan akhir itu diri Nya.
Maka sudah pastilah ketetapan Nya.
Maka aku menemukan bahwa diriku itu berada di antara awal dan akhir.
Jika engkau ragu, itulah karena mereka berada di luar pikiranmu.
Sedangkan jika engkau paksakan mereka berada dalam pikiranmu.
Maka engkau masih diminta pertanggungjawabannya.
...
Maka renungkanlah.

40 comments:

  1. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Semua yang ada dan yang mungkin ada dapat menjadi awal dan akhir. “Maka tiadalah awal dan akhir itu di luar waktumu”.
    Elegi di atas mengisyaratkan bahwasannya. Semua yang ada dan yang mungkin ada dapat dikatakan awal dan akhir jika diukur dalam waktu bagi yang membuatnya menjadi awal dan akhir.
    Awal dan akhir dalam hidup ini sangatlah banyak tak berhingga.
    Awal dan akhir yang pasti hanya milikNya.

    ReplyDelete
  2. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Segala sesuatu di dunia ini selalu berhubungan dengan yang namanya awal dan akhir. Tidak akan ada akhir bila tidak ada awal, begitupun sebaliknya. Awal dan akhir merupakan suatu rangkaian yang tidak akan terpisahkan. Awal dan akhir kehidupan semata-mata hanyalah ketentuan Allah SWT. Dia-lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu di alam semesta ini. Oleh karena itu, pergunakanlah waktu yang kita miliki dengan sesuatu yang bermanfaat. Niat yang baik dan ikhtiar yang kita lakukan insya Allah akan menghantarkan kita pada tujuan yang kita harapkan. Amin.

    ReplyDelete
  3. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Semua itu pasti ada awal dan akhir, saya jadi teringat tentang materi yang dijelaskan oleh Prof Marsigit tentang struktur konsep sederhana yang disebut dengan cakra manggilingan. Struktur tersebut juga ada awal dan akhir. Interaksi awal dan akhir jaman yang berputar. Contohnya dari segi spiritual manusia sejak awal sampai akhir jaman tetap saja dari keturunan Adam AS. Wilayah matematika murni pun berjalan dari awal sampai akhir jaman. Jika ingin mengkhususkan matematika model dari matematika murni harus jalankan dari awal sampai akhir pula.

    ReplyDelete
  4. Jeanete Nenabu
    15709251004
    PPS PMAT D

    Awal dan akhir. Sebenarnya manusia tidak akan pernah mengetahui kapankah itu awal dan kapankah itu akhir. Kant telah memberikan kita contoh bagaimana proses berpikir sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka dari itu kita sebagai manusia yang tidak punya kuasa seperti-Nya hanya bisa berserah diri karena kita tidak akan pernah mempunyai kuasa untuk menentukan awal dan akhir hidup kita sendiri.

    ReplyDelete
  5. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    menurut saya berdasarkan elegi ini dapat disimpulkan bahwa kita sebagai manusia bisa tidak bisa menentukan mana awal dari kehidupan ini, kadang itu merupakan rahasia ilahi. hanya saja kita perlu menyakini tanpa mempertanyakannya kembali.

    ReplyDelete
  6. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu'alaikum. Semua hal tentu ada awalnya dan ada akhirnya tapi awal bisa jadi akhir dan akhir bisa jadi awal. misal awal penciptaan adam, awal adanya hawa. Hal tersebut juga bisa jadi menjadi akhir, akhir penciptaan manusia laki-laki dan perempuan. Misalnya lagi kepemimpinan presiden A kemudian diganti presiden B. Pada pergantian itu merupakan akhir dari presiden A tapi awal dari presiden B. Mohon dikoreksi apabila salah dalam merefleksi.

    ReplyDelete
  7. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Awal dan akhir yang ada di dunia ini sanagt beragam dan kompleks. Maka awal dan akhir itu berada dalam pikiran.
    Kita mengatakan awal dan akhir ketika pikiran kita mengansumsikannya sebagai awal dan akhir.
    Seringkali tiap individu yang mengasumsikannya dengan berbeda. Hal ini sangatlah wajar karena setiap individu memiliki pikiran masing-masing yang sangat kompleks.

    ReplyDelete
  8. Syahlan Romadon
    PM C 2016/ 16709251047

    Awal dan akhir. Adanya awal memungkinkan adanya akhir. Konsep awal dan akhir selalu melekat dalam kehidupan kita dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Awal dan akhir adalah suatu keniscayaan. Karena Tuhan yang tak berawal dan tak berakhir, memulai awal kehidupan manusia dan pastinya akan ada kata akhir untuk itu. Satu hari diawali dengan terbitnya matahari dan berakhir ketika matahari kembali terbit esoknya. Awal hari ini merupakan akhir hari kemarin, dan akhir hari ini adalah awal hari esok. Kita manusia diciptakan untuk beribadah pada waktu yang telah diberikan di antara awal dan akhir itu.

    ReplyDelete
  9. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Semua kita merasakan waktu, tetapi kebanyakan tidak mempertanyakan hal itu karena kita mengalami setiap hari. Awal dan akhir tidak akan pernah bisa dipisahkan, dimana ada awal pasti ada akhir. Awal lahir dan akhir mati, awal lapar dan akhir kenyang, awal sakit dan akhir sehat, dan begitu seterusnya. Awal dan akhir tidak akan pernah berada pada dimensi ruang dan waktu yang sama. Pada awal dan akhir itulah kita sebagai ciptaan Allah SWT berubah dan tidak akan pernah kembali ke awal yang sama.

    ReplyDelete
  10. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Elegi ini mengajarkan saya untuk selalu bersyukur dengan apa yang diperoleh di dunia ini. Kita sebagai manusia tidak akan pernah tahu awal dan akhir kehidupan kita karna semua hanya milik kuasa-Nya. Nikmati proses, slalu berikhtiar, dan bersyukur. Jangan pernah merasa tinggi hati dihadapan-Nya.

    ReplyDelete
  11. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dimana ada pertemuan disanalah aka nada perpisahan. Dimana ada awal disitulah ada akhir. Namun akan ada awalan setelah akhiran. Karena kita masih diberikan ruang dan waktu di antara awal dan akhir, pergunakan semuanya sebaik – baik mungkin hingga tidak mungcul penyesalan setelah datangnya akhir.

    ReplyDelete
  12. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Awal mengadakan akhir, akhir pertanda ada awal;. Tidaklah ada awal jika tidak ada akhir, Tidak pula ada akhir jika tidak ada awa. Awal dan akhir itu mungkin ada atau mungkin tidak ada. Jika ada dalam pikiranmu maka itu pertanda baik bahawa dirimu berpikir, namun janganlah bersedih hati jika mereka tidak ada pikiranmu, karena saat kmu berpikir mereka ada dalam pikiranmu. Sehingga sebenar-benarnya kamu itu berada di awal dan akhir.

    ReplyDelete
  13. Yuni Astuti
    14301241035
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Sungguh dalam makna dari tulisan di atas yang saya rasakan. Awal dan akhir merupakan sesuatu yang selalu berdampingan dan tak terpisahkan. Setiap kegiatan maupun perbuatan yang kita lakukan pasti memiliki awalan, kemudian kita menjalani proses demi proses, dan pada akhirnya kita akan menemui suatu akhir. Dalam hidup ini pun kita berawal dari bayi yang baru dilahirkan ke dunia, dan kelak pasti lah kita akan menemui akhir dari hidup kita ini yang hanya Allah yang tahu kapan itu akan terjadi. Oleh karena itu isi lah setiap detik hidup kita dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  14. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Segala yang ada di dunia ini pasti mengalami dua fase, yaitu adanya awal dan akhir. Keduanya telah menjadi fase alami yang ditentukan oleh Allah SWT. Seperti halnya dalam proses pembelajaran harus diawali dengan perencanaan yang matang guna mencapai akhir, yaitu tujuan pembelajaran. Jadi, segala sesuatu hendaknya diawali dengan niat yang matang dan direalisasikan dengan usaha yang semaksimal mungkin, agar mampu menggapai tujuan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  15. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Membaca elegi ini mengingatkan saya akan sifat Allah yakni Hualawwalu wal Akhiru (Dialah yang awal dan yang akhir). Dari sini saya bisa bependapat bahwa tiadalah seorang mahlukpun yang tahu awal itu seperti apa dan akhir itu seperti apa.

    ReplyDelete
  16. Ajeng Puspitasari / 14301241005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    "maka aku menemukan bahwa diriku itu berada di antara awal dan akhir"
    Satu cuplikan kalimat di ataslah yang mampu saya pahami, untuk diri saya pribadi. Bahwasanya, saya berada di antara awal dan akhir, dari setiap hal. Setiap saat saya memulai sesuatu, entah kapan saya akan mengakhirinya, lalu memulai yang lain lagi. Maka saya adalah berproses. Jadi kuncinya adalah menjalani setiap proses apapun yang dilakukan, dengan niat yang tulus, ikhlas, entah sampai kapan akan berakhir semua 'akhir' dan 'awal' ini.

    ReplyDelete
  17. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Ketika merenungkan elegi diatas, saya berketetapan bahwa awal dan akhir yang sesungguhnya adalah Allah SWT, karena segala sesuatu berasal dari-Nya dan akan berakhir pada-Nya. Tetapi awal dan akhir di dunia adalah bermacam-macam dan tidak dapat dipatok. Karena setiap awal dan akhir di dunia berasal dari ketentuannya pula maka memang Allah lah Yang Maha Awal dan Yang Maha Akhir. Seperti yang kita ketahui bahwa kehidupan di dunia itu bagaikan roda yang berputar, atau bagaikan sebuah spiral yang direntangkan. Ketika kita telah mengakhiri satu putaran penuh, maka kita akan memulai ke putaran yang selanjutnya. Begitu seterusnya.

    ReplyDelete
  18. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Ada awal, ada juga akhir. Segala yang berawalan, pasti juga akan berakhir. Termasuk juga hidup. Hidup kita suatu saat juga akan berakhir. Akhir seperti apa, kita juga tidak tahu. Namun selama masih diberi kesempatan untuk hidup hendaknya memanfaatkan sebaik mungkin dan tidak menyia – nyiakan hidup. Bersyukur merupakan hal yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan kesempatan. Namun awal dan akhir bagi setiap orang juga berbeda – beda, tergantung bagaimana ia memandang awala sebagai awal, dan akhir sebagai akhir.

    ReplyDelete
  19. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Semua yang diciptakan di dunia ini pasti ada awal dan ada akhirnya. Manusia bisa merencanakan namun tidak akan tahu kapan akan berakhir karena hanya Allah yang tahu kapan akan berakhir. Seperti hidup ini kita tidak akan tahu kapan kita berkahir hanya Allah yang tahu. Oleh karena itu selalu berbuat baik dimanapun berada karena kita tidak akan pernah tahu kapan kita akan berakhir.

    ReplyDelete
  20. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Segala yang ada di dunia ini pasti mengalami dua fase, yaitu adanya awal dan akhir. Keduanya telah menjadi fase alami yang ditentukan oleh Allah swt. Seperti halnya dalam proses pembelajaran harus diawali dengan perencanaan yang matang guna mencapai akhir, yaitu tujuan pembelajaran. Jadi, segala sesuatu hendaknya diawali dengan niat yang matang dan direalisasikan dengan usaha yang semaksimal mungkin, agar mampu menggapai tujuan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  21. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebenarnya saya kurang paham dengan elegi di atas, namun yang saya pikirkan setelah membaca elegi di atas adalah, semua yang ada di dunia ini pasti berakhir atas kehendak-Nya. Dan pada akhir nanti akan diminta pertanggungjawaban atas apa yang dilakukan dari awal sampai akhir. Maka lakukan sebaik mungkin yang saya bisa dengan selalu mengingat Tuhan YME

    ReplyDelete
  22. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Semua yang ada dan yang mungkin ada adalah awal dan akhir. semua dapat menjadi awal dan semua dapat menjadi akhir. awal pasti bertemu akhir. tergantung bagaimana kita menganggap mana yang termasuk awal dan mana yang termasuk akhir. tetapi ingat bahwa awal dan akhir menurut ketetapanNya adalah yang terbaik.

    ReplyDelete
  23. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Elegi ini mengajarkan saya untuk selalu bersyukur dengan apa yang diperoleh di dunia ini. Kita sebagai manusia tidak akan pernah tahu awal dan akhir kehidupan kita karna semua hanya milik kuasa-Nya. Nikmati proses, slalu berikhtiar, dan bersyukur. Jangan pernah merasa tinggi hati dihadapan-Nya.

    ReplyDelete
  24. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setelah membaca elegi di atas satu hal yang dapat saya pahami bahwa kehidupan di dunia ini tidak lah kekal. Ibarat kita hanya mampir minum. Di dunia ini, sesuatu yang berawal pasti akan berakhir karena dunia ini bersifat fana atau sementara. Terjadinya jagat raya ini, dahulunya ada awalnya dan akhirnya kelak adalah terjadinya kiamat. Jadi sesuatu yang tidak kekal/abadi pasti akan berakhir.

    ReplyDelete
  25. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam elegi tersebut, yang saya pahami tentang awal dan akhir yaitu bahwa semua yang ada di dunia memiliki awal dan akhir. Ini berarti tidak ada yang abadi di dunia ini. Awal dan akhir itupun merupakan kehendak Allah SWT. Sehingga kita tidak selayaknya untuk menyombongkan diri kita.

    ReplyDelete
  26. Salma Maulida Karima
    14301241021
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Awal dan akhir adalah milik-Nya semata. Kita tak dapat menebak di mana letak awal dan akhir kita. Oleh karena itu, seperti yang dikatakan Mbak Hening Carrysa di atas, "Nikmati proses, slalu berikhtiar, dan bersyukur. Jangan pernah merasa tinggi hati dihadapan-Nya."

    ReplyDelete
  27. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari elegi di atas, saya mendapatkan pelajaran bahwa semua yang ada dan mungkin ada merupakan awal dan akhir yang berada dalam pikiran kita. Sebagai contoh, kita terlahir dari rahim seorang ibu merupakan "awal" dalam menjalani kehidupan di dunia ini, sedangkan jika kita meninggal nantinya merupakan "akhir" dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  28. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Hidup seseorang diantara 2 hal, baik dan buruk, langit dan bumi, hitam dan putih, awal dan akhir. Manusia tidak akan mengetahui kan berakhir dan kapan memulai. Awal dan akhir merupakan siklus, dimana saat kita memulai pasti akan memulia lagi dalam ruang dan waktu tertentu. Yang dapat dilakukan hanyalah terus berbuat baik, positif dan menguntungkan untuk diri sendiri maupun orang lain. KekuasaanNya jauh lebih luas. Dan Dialah yang maha mengetahui segalanya sedang kita tidak.

    ReplyDelete
  29. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Segala yang ada dan mungkin merupakan awal. Kita tidak pernah mengetahui awal dan akhir itu seperti apa. Awal dan akhir dapat berupa segala hal yang ada dan mungkin. Kita lulus SMA merupakan akhir cerita kita di SMA namun merupakan awal untuk kita memasuki jenjang lebih tinggi yakni perguruan tinggi. jadi segalanya bisa berupa awal dan akhr tergantung diri kita menyikapinya seperti apa. Jadi akhir disini juga dapat diinterpretasikan sebagai awal dari suatu dimensi yang berbeda dari sebelumnya

    ReplyDelete
  30. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Manusia memiliki fase awal dan akhir nya. Awal saat dia lahir dan akhir saat dia meninggal. Awal dan akhir akan kembali kepada Allah SWT. Maka benar dalam elegi diatas, manusia beradai di awal dan akhir, sedangkan awal dan akhir ada pada Allah SWT

    ReplyDelete
  31. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Manusia berbeda dengan Tuhannya. Manusia yang berada di antara awal dan akhir akan menjadi hamba-Nya. Karena Tuhan berada di luar pikiran manusia, dan saat manusia mencoba berada di awal dan akhir sekaligus, itu berarti penghambaannya kepada Tuhan. Dengan kata lain, semua perbuatan manusia akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah SWT

    ReplyDelete
  32. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Semua yang ada dan yang mungkin ada bisa menjadi awal dan akhir. Awal terdapat dalam akhir dan akhir terdapat dalam akhir, awal dan akhri adalah sebuah kesatuan. Tiada awal jika tiada akhir dan tiada akhir tanpa adanya awal. Hal itu menunjukan bahwa awal adalah kesatuan dari akhir, seperti yin dan yang yang saling melengkapi dan tidak dapat dilihat sebagai salah satu bagian saja.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  33. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Setiap ada awal pasti ada akhir, setiap sebab pasti ada akibat. setiap apa yang dilakukan pasti ada akibatnya. setiap usaha keras pasti membuahkan hasil yang baik. aamiin. oleh karenanya lakukan yang terbaik untuk saat ini, insyaAllah akan menghasilkan hasil yang baik.

    ReplyDelete
  34. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setelah merenungi elegi tersebut, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya manusia tidak bisa menentukan mana yang merupakan awal dan mana yang merupakan akhir. Karena, apabila sesuatu yang terjadi bagi seseorang merupakan awal, bisa jadi sesuatu tersebut adalah akhir bagi orang yang lain. Hanya Allah-lah yang mengetahui mana awal dan akhir karena Allah Yang Maha Awal dan Yang Maha Akhir.

    ReplyDelete
  35. Desinta Armiani
    14301241041
    S1 Pend Matematika A 2014

    "Maka awal dan akhir ada didalam pikiranmu." Awal itu kadang kala manusia tidak menyadari kapan dia memulai, begitupun dengan akhir manusia tidak tahu bagaimana akhirnya nanti. Seperti nafas pertama yang kita hembuskan untuk memulai hidup atas karuniaNya, dan akan kembali kepadaNya. Tetapi kita bisa menikmati dan menjalani prosesnya dengan sebaik mungkin dan berharap mendapatkan akhir yang baik.

    ReplyDelete
  36. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D 16

    Awal dan akhir seperti dua mata koin yang tak mungkin dipisahkan. Meskipun saling bertolak belakang awal dan akhir tersebut tatap satu.

    ReplyDelete
  37. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Awal dan akhir itu relatif sesuai dengan cakupan kita melihatnya. Ada yang jelas awal dan akhirnya namun ada juga yang belum jelas awal dan akhirnya. Pertemuan pada suatu rapat misalnya, hal ini memiliki awal awal dan akhir. Sedangkan kehidupan di dunia kita tidak tahu awal dan akhir yang sesungguhnya. Kemudian begitu pula dengan perputaran waktu.

    ReplyDelete
  38. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Menjalani kehidupan ini tentunya ada titik awal dan akhir. Awal dan akhir kehidupan akan tetap ada dan tidak dapat dihilangkan salah satu dari keduanya. Kita ketahui bahwa memang tidak ada yang abadi. Titik awal dan akhir manusia ialah saat lahir dan saat menghadapi kematian.

    ReplyDelete
  39. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Jarak antara awal dan akhir kehidupan merupakan waktu yang tepat untuk manusia menjalani kehidupan dengan penuh makna dan kebermanfaatan. Jadi, pergunakan dengan sebaik-baiknya, selalu berbuat kebaikan dan jauhkan maksiat saat waktu antara awal dan akhir dari hidup karena tidak akan pernah kembali kesempatan itu.

    ReplyDelete
  40. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Awal dan akhir adalah dua hal yang saling bertentangan. Tiadalah akhir jika bertemu dengan awal. Kita saat ini berada di antara awal dan akhir, karena kita telah lahir di bumi ini itu dinamakan awal, melalui proses anak-anak, remaja kemudian dewasa maka kita berada di antara awal dan akhir. Akhir kita adalah ketika Allah SWT mengambil nyawa kita. Kita berakhir di bumi tetapi belum di akhirat. Ketika Allah mengambil nyawa kita, kita akan berakhir dibumi tetapi kita ada di awal dan di akhir di akhirat kelak. Sehingga, kita harus banyak-banyak berdo’a dan bertawakal kepada Allah agar ketika kita berakhir di bumi dalam keadaan khusnul khotimah. Aamiin.

    ReplyDelete