Mar 4, 2010

Elegi Anomali Sang Pemimpin

Oleh Marsigit

Pemimpin:

Aku deklarasikan dengan ini bahwa “AKU ADALAH ORANG TERDEPAN YANG MEMBERANTAS KORUPSI”

Koruptor:
Nyam..nyam...nyammm..mumpung ada kesempatan, mumpung mereka terlana...lumayan 7 trilyun...
Bailout...bailout....inilah kendaranku.

Rakyat:
Thunggg..thungg...thung...thung.....koruptor..koruptor....tangkap...tangkap....dia telah memanfaatkan Baiolout. Bailout itu salah...Barang siapa membelanya berarti dia termasuk membela korupsi....tangkap....tangkap.

Pemimpin:

Aku deklarasikan dengan ini bahwa “BAILOUT ITU BENAR”

Rakyat:
Huhh...hahh...lha... logikaku mengatakan kalau membenarkan Bailout yang ini berarti telah menjadi “ORANG TERDEPAN YANG MEMBELA KORUPSI”

Anomali:
Uhh...heh...heh.....heheh.............heh. Huh....hah...hah....heh.... hhhhhhhhhhh...hh........hhh..............hhh ...hahhhhhhhhhhh... .hhhhhhhhhhhhhhhhh................hehhhhhhhhhhhhh

30 comments:

  1. Alfiramita hertanti
    NIM 17709251008
    P.Matematika kelas A 2017

    assalamualaikum wr. wb. hahahaha. anomaly sang pemimpin memang membingungkan. anomali muncul ketika janji tak dapat ditepati, justru malah sebaliknya, kesempatan untuk korupsi dimanfaatkan dengan baik. mempertahankan credible commitment memang berat. semoga kita dijauhkan dari sikap korup.

    ReplyDelete
  2. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Pemimpin adalah panutan. Ketika panutan salah, maka yang berpanut pada panutan pun akan ikut salah. Seringkali di masyarakat terjadi peristiwa pemimpin yag saat kampanye menjanjikan diri bersih dari korupsi, setelah terpilih selang beberapa waktu malah terjerat kasus korupsi. Dan ketika tertangkap kemudian masuk di layar telivisi, sang pelaku korupsi malah tersenyum seakan tidak merasa bersalah dan rasa malu hilang sudah.

    ReplyDelete
  3. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP

    Menjadi pemimpin adalah perkara yang berat. Ia tidak hanya mempertanggung jawabkan dirinya namun juga mempertanggung jawabkan yang dipimpinnya. Menjadi pemimpin harus selaras antara apa yang diucapkannya dengan apa yang dilakukannya. Ironi yang terjadi di negeri ini adalah banyak pemimpin yang mengaku bersih, namun ternyata terjerat dengan kasus korupsi. Partai yang secara data dikatakan paling korup pun masih membela partainya tidak korup bahkan menuding partai lain korupsi dengan tanpa malu. Beginilah kondisi negara bila para pemimpin dan rakyatnya tidak menjiwai agama dan hanya menjadikan agamanya sebagai aksesoris dan data administrasi saja. semoga kelak kita bisa menjadi pemimpin yang jujur, yang sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan oleh Tuhan, agama maupun kemanusiaan

    ReplyDelete
  4. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Menjadi orang terdepan, menjadi pemimpin, bukanlah perkara mudah. Janji janji indah mudah diucapkan, namun kenyataan yang terjadi, tak semudah yang diucapkan, bahkan seringkali justru luput, tidak sesuai. Menjadi orang yang terdepan menentukan nasib banyak orang di belakangnya. Menjadi orang yang terdepan adalah perkara tanggung jawab yang besar. Semakin besar tanggung jawab, semakin besar pula badai godaan dan goncangannya.
    Maka berdoalah senantiasa agar tetap menjadi orang yang terdepan, yang membela kebenaran.

    ReplyDelete
  5. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Menjadi orang terdepan, menjadi pemimpin, bukanlah perkara mudah. Janji janji indah mudah diucapkan, namun kenyataan yang terjadi, tak semudah yang diucapkan, bahkan seringkali justru luput, tidak sesuai. Menjadi orang yang terdepan menentukan nasib banyak orang di belakangnya. Menjadi orang yang terdepan adalah perkara tanggung jawab yang besar. Semakin besar tanggung jawab, semakin besar pula badai godaan dan goncangannya.
    Maka berdoalah senantiasa agar tetap menjadi orang yang terdepan, yang membela kebenaran.

    ReplyDelete
  6. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Seorang pemimpin harus mempunyai karakter yang kuat untuk bisa dijadikan teladan oleh yang dipimpinnya. Seorang pemimpin juga jangan terlalu banyak janji demi meraup suara. Menjadi seorang pemimpin juga harus mempunyai hati yang ikhlas untuk menerima amanah dan dalam menjalankan amanah itu. Jadilah pemimpin yang adil karena akan mendapat pahala yang banyak. Korupsi merupakan perbuatan yang mencerminkan sikap ketidak adilan. Krena uang yang dikorupsi yang sebenarnya adalah hak masyarakat namun diperuntukkan bagi dirinya sendiri. Semoga kita jika diamanahi menjadi pemimpin bisa memimpin dengan ikhlas dan adil. Aamiin.

    ReplyDelete
  7. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami memahami bahwa yang diharapkan dari seorang pemimpin adalah seseorang yang mampu secara tepat dan bijaksana menggunakan kemampuannya, sikapnya, nalurinya, dan ciri-ciri kepribadiannya yang mampu menciptakan suatu keadaan, sehingga orang lain yang dipimpinnya dapat saling bekerja sama untuk mencapai tujuan dan kebaikan bersama. Demikian pula hal yang kami harapkan dimiliki oleh pemimpin di negara ini. Pada awalnya calon-calon pemimpin ini, tampak bahwa mereka memiliki kriteria-kriteria tersebut, akan tetapi setal menjadi pemimpin yang sesungguhnya (sudah menjadi formal) ternyata banyak kriteria-kriteria yang tidak sesuai dengan harapan. Hal yang sangat wajar apabila kemudian rakyat kehilangan kepercayaan terhadap pemimpin-pemimpin yang ada pada negara ini, walaupun tidak sedikit pula pemimpin yang masih amanah dan mendapat kepercayaan dari masyarakat.

    ReplyDelete
  8. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Elegi di atas menggambarkan keadaan pemerintahan di beberapa negara. Tidak sedikit penguasa yang membenarkan sesuatu hal yang jelas merugikan rakyatnya karena keuntungan atau manfaat yang dapat di ambil oleh para penguasa itu sendiri, atau bahkan karena penguasa tersebut juga melakukan hal yang jelas merugikan rakyat itu. Sebagai contoh, dalam negara kita; hukum tak begitu menakutkan bagi para pelaku kejahatan yang beruang. Karena penegak hukum bisa jadi ikut kecipratan uang jika bisa membebaskan para pelaku. Mohon maaf jika ada kesalahan, mohon koreksi. Terimakasih.

    ReplyDelete
  9. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Korupsi hampir selalu menjadi headline di media-media atau portal-portal berita di Indonesia. Korupsi yang sudah mendarah daging dalam tatanan kepemerintahan baik di instansi kecil sampai instansi besar sangat sulit untuk diberantas, padahal setiap kali ada pemilu atau pemilihan kepala daerah, semua calon berjanji akan membuat aturan-aturan untuk memberantas korupsi. Akan tetapi dalam prakteknya, justru aturan-aturan yang digagas seperti sengaja dibuat untuk melemahkan KPK dan proses pemberantasan korupsi. Ditambah lagi banyak koruptor yang tertangkap berasal dari pemimpin-pemimpin yang mengobral janji saat kampanye. Ini membuat masyarakat kecewa dan semakin tidak percaya kepada pemimpin-pemimpin saat ini. Oleh karenanya, sebagai pendidik, kita harus menanamkan sikap amanah, jujur dan bertanggung jawab agar terhindar dari praktek KKN.

    ReplyDelete
  10. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Pemimpin harus memiliki prinsip, mampu mempertanggung jawabkan perbuatannya, memperhatikan kesejahteraan rakyat, dan berlaku adil. Pemimpin harus amanah. Karena di tangan pemimpin nasib bawahannya ada disitu. Kekuasaan pemimpin tak mutlak, karena harus diingat bahwa terdapat kekuasaan yang lebih besar lagi yang ada diatasnya. Tanggung jawabnya tak hanya kepada bawahannya tapi kepada atasannya juga. Sulit menjadi pemimpin yang amanah, jujur, dan bertanggung jawab, sebab semakin tinggi pohon maka semakin banyak rintangan yang ingin menumbangkannya.

    ReplyDelete
  11. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Setiap manusia adalah pemimpin. Memimpin yang paling fundamen adalah memimpin diri sendiri. Diri sendiri adalah musuh terbesar bagi siapapun. Pimpinlah diri sendiri dulu sebelum memimpin orang lain, dengan begitu akan lebih mudah dalam membangun dunia. Dunia ini sifatnya sangat kompleks dan kadang melenakan. Oleh sebab itu, dalam rangka membangun dunia juga harus diseimbangkan dengan doa.

    ReplyDelete
  12. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Pemimpin yang baik adalah ia yang jujur, apa yang ada di hatinya adalah apa yang tampak di luarnya. Kepemimpinan tak bisa diraih dengan kebohongan, kepura-puraan, rekayasa. Ketika tiba masanya rakyatnya mengetahui apa yang ada pada dirinya, mereka akan berontak.

    ReplyDelete
  13. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Pemimpin yang mengatakan akan melawan korupsi tetapi malah membenarkan bailout yang pada dasarnya membela koruptor, adalah suatu kontradiksi. Seharusnya, pemimpin memegang kata-katanya, memegang janjinya, karena menjadi pemimpin adalah suatu amanah. Menjadi pemimpin memang bukan hal yang mudah karena harus mempertimbangkan banyak aspek dalam pengambilan keputusan. Namun pemimpin harus berupaya sebaik mungkin agar tidak merugikan rakyatnya, tidak hanya mengambil keputusan untuk keuntungan pribadi atau golongan.

    ReplyDelete
  14. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Anomali adalah sebuah kontradiksi. Anomali adalah suatu tindakan yang menyimpang, aneh dan nyeleneh. Dalam elegi ini anomali digambarkan sebagai suatu tindakan yang dilakukan dengan cara yang tidak semestinya, melakukan suatu keburukan dengan beralasan kebaikan, atau melakukan kebaikan dengan cara yang buruk. Hal semacam ini tentu tidak bisa kita pungkiri ada disekeliling kita. Misalnya saja bersedekah dari hasil curian, melawan kebohongan dengan kesombongan, membangun dengan merusak, dsb. Oleh sebab itu, seorang pemimpin yang baik hendaknya tidak melakukan hal seperti ini. Pemimpin yang bijak harus melakukan segala sesuatunya selaras, melakukan kebaikan dengan cara yang baik, melakukan kebaikan dengan alasan kebaikan.

    ReplyDelete
  15. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Godaan terbesar sebagai pemimpin adalah kekuasaan yang tak terkendalikan. Menjadi pemimpin tidak selamanya berkuasa, karena kemungkinan ada kekuasaan yang lebih besar sebagai pengendali si pemimin. Kekuasaan yang lebih besar tersebut adalah nafsu. Melalui elegi ini saya memahami bahwa di sinilah pentingya bagi seorang filsuf untuk merawat akal sehat dan menghindari diri dari kekuasaan negatif. Jika kesalahan logika menguasai mahluk di bumi, seorang filsuf harus berani berkata dan mengambil sikap.

    ReplyDelete
  16. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Banyak kejanggalan dari pemimpin pemimpin kita, ketika sedang berjuang menjadi pemimpin sangat dekat sekali dengan rakyat, namun setelah menjadi pemimpin, bertemu dengan rakyat saja jarang. Saat kampanye mendeklarasikan akan menjadi orang terdepan memberantas korupsi, namun setelah menjadi pemimpin menjadi yang terdepan dalam korupsi.

    ReplyDelete
  17. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Kita sudah terlanjur memiliki persepsi bahwa pemimpin tidak bisa dipegang kata-katanya. Persepsi muncul dari pengalaman yang berulang ulang terjadi. Sunguh anomaly sekali, seorang pemimpin yang dipilih rakyat, tetapi rakyat juga yang menginkan dia turun. Sungguh ironis, wakil rakyat yang harusnya memperjuangkan kehidupan rakyat, malah memeras rakyat dengan kebijakan.

    ReplyDelete
  18. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Korupsi adalah kejahatan yang berbahaya. Bisa menghancurkan pribadi, keluarga, masyarakat bahkan negara. Maka jangan sampai kita tertipu oleh godaan setan. Apalagi dalam memilih pemimpin, kita harus memilih pemimpin yang bijak dan amanah.Pemimpin yang begitu banyak godaan dialamnya, dibutuhkan keimanan dengan pondasi yang kuat agar tidak terjebak dalam tindakan yang merugikan semua orang dan dirinya sendiri.
    Dari elegi tersebut juga mengajarkan arti tanggung jawab. Setip kita adalah pemimpin dan akan mempertanggungjawabkan apapun yang kita perbuat. Maka untuk setiap keputusan dan tindakan yang kita ambil harus di pikirkan terlebih dahulu karena bisa mempengaruhi hidup kita dan orang lain. Berhati hatilah, menentukan suatu keputusan didasarkan bahwa Allah itu suka dan Ridho didalm keputusan itu.

    ReplyDelete
  19. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 Pmat C 2017

    Pasti kita sudah tidak asing dengan kata KORUPSI. Ini adalah masalah dan momok yang sudah melekat dengan jabatan-jabatan yang memiliki kekuasaan, baik di tingkat bawah maupun tingkat lebih tinggi.
    Sedikit demi sedikit korupsi ini juga sudah mulai di berantas oleh para penegak hukum. Tetapi mungkin tidak jarang kita mendengar orang "terpaksa" korupsi atau "menutupi" perbuatan korupsi karena berbagai alasan.
    Siapapun yang membela atau menutupi hal yang salah, maka orang tersebut juga orang yang salah. Namun, Ketika seorang membela hal yang dianggap benar dan sudah diteliti kebenarannya tapi ada sebagian orang yang mengatakan itu salah, maka tidak bisa divonis orang tersebut salah. Korupsi tidak hanya merugikan satu atau dua pihak tapi merugikan seluruh pihak, termasuk dia telah merugikan dirinya sendiri. Semoga negara Indonesia terbebas dari koruptor yang merugikan rakyatnya.

    ReplyDelete
  20. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Saat ini banyak orang berlomba untuk meminta dijadikan pemimpin dan memberikan setumpuk janji kepada masyarakat. Padahal sebaik-baik pemimpin adalah orang yang tidak pernah meminta jabatan dan tidak meminta untuk dijadikan pemimpin. Mudah-mudahan negara ini diberikan pemimpin yang amanah, tegas, adil dan mau mementingkan kepentingan rakyatnya. Aamiin.

    ReplyDelete
  21. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Seorang pemimpin seharusnya menjadi contoh bagi rakyatnya, namun ketika sang pemimpin terkena kemunafikan maka dia pun hanya akan menjadi pemimpin munafik. Bagaimana rakyatnya ingin maju, jika contohnya justru berbuat keburukan.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  22. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Yang dapat saya pahami elegi diatas menggambarkan kepemimpinan yang lupa akan rakyatnya. Memang tidak mudah untuk menjaga amanah sebagai seorang pemimpin belum lagi dengan berbagai godaan yang ada jika telah duduk di kursi kepemimpinan. Maka dari itu orang yang menjadi pemimpin haruslah orang yang mempunyai pendirian yang kuat.

    ReplyDelete
  23. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pemimpin yang benar adalah pemimpin yang senantiasa berusaha mengajak kepada sesuatu yang benar dan bermanfaat bagi mereka yang dipimpin. Anehnya sekarang ini, para pemimpin malahan ingin dimengerti oleh mereka yang dipimpin. Selain itu juga para pemimpin lebih pada mengutamakan urusan pribadi mereka namun jarang yang memikirkan yang dipimpin oleh mereka. Hal inilah yang menjadikan kepercayaan orang-orang mulai pudar ketika adanya pemilihan pemimpin, karena banyak pembohongan besar dari para pemimpin sebelum dan sesudah menjadi pemimpin.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  24. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Yang ditujukan dalam artikel ini, sifat pemimpin dalam tokoh memiliki dua sifat yang berlawanan. Satu, sebuah kejujuran. Kejujuran yang telah melakukan korupsi. Ia menjelaskan apa adanya apa yang dilakukan dengan bangga. Tetapi diiringi dengan sifat melakukan pencurian yang bukan haknya. Juga diiringi dengan rasa bangsa apa yang telah dilakukan.

    ReplyDelete
  25. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Kita menyadari, bahwa pemimpin adalaha manusia yang tidak luput dari kesalahan. Tetapi ia harus inget, bahwa dalam menjadi pemimpin harus siap menjadi objek atau subjek dipandangan dan penilaian masyarakat umum. Sehingga kita perlu berhati hati jika memimpin, baik memimpin diri sendiri mapun mempimpin orang banyak.

    ReplyDelete
  26. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C
    assalamualaikum wr,wb
    bismillahirrohmanirrohim
    menjadi pemimpin bukanlah perkara mudah, pemimpin harus berada pada sesuatu yang benar dan bermanfaat bagi semuanya,
    Seorang pemimpin harus memmiliki karakter yang kuat untuk bisa dijadikan teladan dan menjadi seorang pemimpin juga harus memiliki kemampuan untuk menjalankan amanah itu.

    ReplyDelete
  27. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    pada elegi diatas menggambarkan suatu kepemimpinan yang lupa akan kulitnya, hanya untuk memikat hati para rakyat sehingga rakyat pro mendukung pemimpin itu menjadikan orang itu menjadi seorang pemimpin namun setelah dia terpilih menjadi seorang pemimpin dengan mudahnya pemimpin itu mendukung yang kontra dengan rakyat hanya untuk kepuasan duniawi, sehingga pemimpin itu melakukan perkongsian dengan para koruptor untuk mendapatkan harta atau kekuasaan yang lebih dari sebelumnya.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  28. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    dari Elegi diatas, seorang Pemimpin tidak konsisten dengan apa yang diucapkan, dia menyimpang dari perkataan yang benar. sehingga membuat rakyat menilai bahwa pemimpinnya tidak pantas untuk dijadikan panutan.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  29. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Seorang pemimpin dipilih atas dasar kepercayaan rakyat. Namun tidak sedikit pemimpin yang tergiur dengan harta dan tenggelam dalam tahta. Kebijakan yang dibuat tak jarang atas kepentingan pribadi. Mereka seakan lupa dengan kewajiban untuk amanah dan kedudukannya sebagai suri tauladan bagi rakyatnya. Maka sungguh berat dalam menjadi pemimpin jika tidak dijalani dengan hati yang ikhlas dan pemikiran yang jernih. Kasus-kasus penyelewengan yang ada semoga menjadi pelajaran bagi kita untuk kritis memilih pemimpin.

    ReplyDelete
  30. Arina Husna Zaini
    17701251024
    PEP S2 B
    Pemimpin merupakan panutan bagi para rakyatnya. Menjadi pemimping yang baik dan benar memang tidak mudah , jika diibaratkan sebuah pohon pemimpin berada pada puncak sebuah pohon dimana semakin tinggi pohon semakin kencang angin yang menerpanya oleh karena itu menjadi pemimpin harus memiliki keteguhan hati, iman dan ikhsan agar tidak larut dan goyah dalam kesesatan. Berdasarkan artikel diatas bahwa istilah anomali pemimping digunakan untuk menggambarkan sifat pemimping yang tidak konsekuen dan tidak sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukannya. Anomali pemimpin digambarkan untuk menyatakan bahwa pemimping berbuat menyeleweng dari tanggung jawab seperti korupsi, membenarkan yang salah dan lain sebagainya. Terima Kasih.

    ReplyDelete