Jul 31, 2010

Elegi Menggapai Kenyataan




Oleh Marsigit

Kenyataan:
Aku agak sulit menentukan kapan aku memulainya. Tetapi yang jelas aku merasakan bahwa sekarang aku sedang bergerak maju secara linear. Aku menyadari bahwa gerakan maju linearku mungkin bersifat relatif. Tetapi aku akan berusaha mengikuti saja kemana gerak langkah kakiku.
Sekarang aku sedang merasakan perlu untuk memancarkan dayaku agar dapat diketahui oleh mereka. Aku menyadari bahwa mereka ternyata masih memerlukanku. Walaupun aku sebenarnya juga merasa sedikit berdosa kepada mereka, atas ujianku yang telah aku berikan kepada mereka. Maka sebagian pintu dan jendela tentunya tidaklah aku menguncinya. Jika aka kehendak dari beberapa mereka maka tentunya tiadalah sia-sia setiap usaha mereka untuk mengetahuiku. Aku melihat para tamuku sudah berdatangan dan mereka sudah duduk di lobi menunggu kedatanganku. Mereka adalah monisme, pluralisme dan dualisme. Aku tahu bahwa mereka hanyalah ingin meminta kesaksianku atas kenyataannya. Silahkan saudara-saudaraku, tidak saya pilih, silahkan saja siapa yang akan bicara duluan.

Monistis:
Plotinos: “Jika mereka menggunakan akal pikirannya, seharusnya mereka mengetahuinya bahwa segala sesuatu itu tidaklah terlepas dari kuasa dan pengamatan Tuhan. Ketahuilah bahwa roh Tuhan itu ada di mana-mana, dia melimpah kepada apapun”. Sankara: ”Saya setuju dengan pendapatmu. Menurutku bahkan segala sesuatu bersifat spiritual oleh karena itu semua yang ada dan yang mungkin ada bersifat sakral. Itu semua dibawah kendali sang Brahman. Maka hanya Sang Brahmanlah yang abadi sedangkan manusia beserta dunia yang lainnya hanyalah bersifat sementara, palsu, dan bodoh”. Ibnu Arabi : “ Sesunggunya manusia beserta alam dan sesisinya itu tidak lain tidak bukan adalah kesatuan substansial dengan Allah SWT, sedangkan yang membedakannya adalah taraf dan ukuran kesempurnaan yang berkurang”. Hegel : “Maaf, bagiku kenyataan adalah Roh Mutlak yang memikirkan Diri dalam proses dialektik. Materi dan ide merupakan unsur dialektis. Sedangkan dialektika diantara keduanya akan menghasilkan sintesis ke puncah yang tertinggi yaitu Ilahi”. Schopenhauer : “Bagiku, kenyataan itu bersumber dari kemauan atau hasrat untuk mengada. Maka kemauan atau kehendak itu bersifat rohani dan akan mencari bentuk-bentuknya pada berbagi dimensi kenyataan yang ada”.

Pluralistis:
Leibniz: “Bagiku kenyataan tersusun dari unsur terkecil yang disebut sebagai monad. Apapun kenyataan itu, maka dia terdiri dari monad-monad. Maka sebuah monad akan mencerminkan keseluruhan kenyataan yang ada”. Demokritus: “Bagiku kenyataan itu tersusun dari unsur terkecil yang disebut atom. Atom itu tidak berwarna, tidak berbau, dan mempunyai dayanya sendiri. Bahkan rohani pun menurutku terdiri dari atom-atom”. Feurbach: “Bagiku kenyataan adalah alam. Manusia itu merupakan bagian dari alam. Maka rohani ada di dalam badan”. Marx: “Bagiku hanya ada satu kenyataan yaitu materi itu sendiri. Materi itu bersifat berdikari dan abadi. Maka yang disebut rohani menurutku adalah sebuah materi yang bercahaya”.

Dualisme:
Plato:”Kenyataan yang sebenarnya bagiku adalah ide. Ide itulah juga kenyataan rohani yang bersifat tunggal, teratur, jelas dan abadi. Maka dunia inderawi hanyalah bayangan dari ide. Kenyataan sesungguhnya itulah ide. Jika ide telah masuk ke materi maka sifatnya akan menjadi banyak ndan tak sempurna”. Vardhamana: “Bagiku kenyataan adalah jiwa. Maka saya mengetahui ada kenyataan yang berjiwa dan ada yang tak berjiwa”. Al Ghazali: “Kenyataan adalah kuasa Allah SWT. Dunia dan manusia hanyalah ciptaan Nya. Dunia dan manusia diciptakan, dimusnahkan dan diciptakan kembali semata-mata oleh Allah SWT”. Descartes:”Bagiku ada 2 (dua) macam kenyataan yaitu res cogita dan res extensi. Cogita itu adalah pikiran manusia. Sedangkan extensi adalah jasmaninya. Tuhan adalah rohani”.

Kenyataan:
Kenyataannya aku telah menyaksikan para monisme, pluralisme dan dualisme menyampaikan pemikirannya. Aku tahu apa yang mereka ungkapkan hanyalah sebagian kecil dari pemikirannya tentang kenyataan yang ada. Sedangkan aku tahu masih banyak yang lainnya beserta para pengikutnya. Maka yang ada dan yang mungkin ada juga mempunyai hak untuk memikirkannya. Marilah kita renungkan. Amiin.

Referensi:
Anton Bakker, 1992, Ontologi Metafisika Umum: Filsafat Pengada dan Dasar-Dasar Kenyataan, Yogyakarta: Pustaka Filsafat

98 comments:

  1. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Kadang, kita mendapatkan kondisi atau kenyataan yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Maksud hati ingin mendapatkan A, kita malah mendapatkan B padahal hal ini tidak sesuai dengan keinginan kita. Lalu kebanyakan kita mengeluh. Padahal, Allah telah berfirman dalam ayat Al Quran yang cukup populer ini.
    “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak Mengetahui.” (QS Al Baqarah: 216)
    Semoga kita termasuk orang yang mau menerima kesulitan menerima kenyataan tersebut dengan ikhlas dan sabar meskipun bukan sesuatu yang kita inginkan, karena dengan demikian kemudahan akan kita dapatkan setelahnya. Amiiin...

    ReplyDelete
  2. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Kenyataan ialah yang telah terjadi di muka bumi ini. Kenyataan adalah suatu fakta. Kenyataan adalah suatu yang sedang terjadi atau yang telah terjadi. Kenyataan adalah dimensi material. Kenyataan adalah jiwa. Kenyataan adalah kehendak dari Tuhan Yang Maha Esa. Kenyataan adalah subjek dan objek.

    ReplyDelete
  3. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Kenyataan yang disampaikan menurut monisme, pluralisme, dan dualisme memang sangat menarik. Kenyataan memanglah kenyataan, yang sudah selayaknya terjadi seijin Tuhan YME. Kenyataan yang terjadi pun sesuai dengan proses yang kita jalani, karena hasil dalam kenyataan tidak pernah mengingkari proses. Apalagi proses yang dilalui tidak baik, pasti kita akan mendapat kenyataan yang sebanding lurus pula.

    ReplyDelete
  4. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    "Kenyataan" memiliki banyak definisi, yaitu sebanyak orang yang memikirkannya. Menurut saya kenyataan merupakan pengalaman yang sudah terjadi dalam ruang dan waktu. Berdasarkan elegi di atas bahwa monisme, pluralisme dan dualisme hanyalah sebagian kecil dari pemikirannya tentang kenyataan yang ada.

    ReplyDelete
  5. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berkata tentang “Kenyataan atau realitas” adalah pengalaman-pangalaman yang telah terjadi. Dalam hal ini dapat dfikaitkan dengan takdir. Seperti takdir tuhan. Ada yang dapat dirubah ada juga yang tidak data dirubah. Mungkin kenyataan dapat dirubah tergantung usaha, Usaha mendobrak kenyataan, mungkin ada atau tidak ada untuk kenyataanmu dalam suratan takdir tuhan.

    ReplyDelete
  6. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Ilmu itu sangat luas, karena begitu luasnya tak satupun manusia yang bisa mengetahu sesuatu itu dengan pasti karena yang bisa mengetahui dengan pasti hanyalah Sang Pencipta. Manusia hanya bisa menduga-duga dengan kebenaran yang bervariasi tergantung melihatnya dari sudutu mana. Dengan demikian sudah selayaknya manusia tidak boleh sombong karena merasa ilmunya sudah banyak. Karena pada hakikatnya ilmu manusia tidak ubahnya seperti jarum yang dimasukkan kelautan kemudian diangkat, maka air yang menetes dari jarum itulah ilmunya manusia sementara ilmunya Allah diibaratkan lautan yang luas.

    ReplyDelete
  7. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam elegi ini memberikan pelajaran bahwa kenyataan merupakan suatu hal yang sedang terjadi ataupun yang sudah terjadi dan kita sebagai manusia senantiasa bersikap slalu bersyukur, tabah dan berserah diri kepada Allah SWT. Karena realitanya “kenyataan” bagi manusia itu ada yang positif dan negatif, walapun sesungguhnya kenyataan yang negatif itu merupakan kenyataan menurut Allah SWT baik bagi diri kita. Sekali lagi ingatlah untuk bersikap slalu bersyukur apa yang diberikan Allah SWT bagi kita.

    ReplyDelete
  8. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Pendapat saya, kenyataan adalah keadaan sekarang yang disadari dan dirasakan oleh manusia yang menjalaninya. Kenyataan tersebut sudah ditentukan oleh Tuhan yang sebelumya sudah diikhtiarkan oleh manusia. Selanjutnya manusia hanya bisa mengevaluasi, introspeksi, dan memperbaiki ikhtiar di masa selanjutnya. Sesungguhnya kenyataan tersebut hanya bergantung pada Allah SWT yang mengendalikan semua bahkan memutuskan apa yang akan terjadi dengan setiap molekul, baik di tubuh makhluk maupun di alam bebas.

    ReplyDelete
  9. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kenyataan merupakan suatu hal yang ahrus dihadapi manusia. Terkadang ada yang mengatakan bahwa jangan lari dari kenyataan. Saya rasa muncul ungkapan demikian karena ada orang yang tidak bisa menerima kenyataan dalam hidupnya dan berusaha menghindar karena kenyataan yang dialami tidak selamanya baik, tetapi bahkan kenyataan buruk. Maka tentang adanya monisme, pluralisme dan dualisme dapat memperkaya makna kenyataan yang dialami bahwa semuanya itu juga berkaitan dengan pikiran dan ruang serta waktu dari tiap orang. Maka setiap orang mempunyai cara yang berbeda – beda dalam memandang kenyataan.

    ReplyDelete
  10. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    Kenyataan kadang tidak dapat diterima oleh orang, karena mungkin bagi sebagian orang akan terasa tidak sesuai dengan harapan dan doa mereka, sehingga mereka memilih untuk menghindari kenyataan dan hidup dalam dunia harapan dan impian.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  11. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    Bagi orang-orang yang sudah terlalu sering menderita karena kenyataan yang tidak sesuai dengan harapannya, mungkin dia akan lebih mudah memahami makna kenyataan dan harapan. Baginya tidak penting seperti apa harapan dan impian-impiannya dia hanya fokus pada kenyataan yang ada dihadapannya.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  12. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    Untuk dapat menerima kenyataan seseorang harus mampu mengerti posisinya dalam dunia semesta. Kenyataan yang dia lihat bisa menjadi berbeda dari harapannya dan bisa juga sesuai dengan harapannya.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  13. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    Kenyataan yang dilihat dengan berbagai definisi akan membuat sudut pandang setiap orang berbeda. Perbedaan ini akan membuat besar pengharapan mereka pada kenyataan juga berbeda, begitu juga dengan besar penerimaan mereka terhadap kenyataan.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  14. Yuni Astuti
    14301241035
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Kenyataan merupakan suatu hal terjadi di kehidupan yang dijalani setiap manusia. Menurut saya, kenyataan itu bisa berupa suatu peristiwa yang telah dilakukan pada masa lalu. Bisa juga suatu peristiwa yang sedang dilakukan pada saat ini. Terkadang kenyataan itu sangat menyakitkan, namun setiap manusia harus siap menerima dan menghadapi setiap kenyataan yang berkaitan dengannya.

    ReplyDelete
  15. Yuni Astuti
    14301241035
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Kenyataan itu sendiri sering berkaitan dengan harapan setiap manusia. Harapan manusia selalu mengarah kepada hal yang baik-baik yaitu sesuatu yang ingin dilakukan, dimiliki, maupun yang ingin diraih. Namun, pada nyatanya kenyataan yang terjadi malah sebaliknya. Oleh karena itu, manusia harus lah selalu berikhtiar dan berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar hal yang tidak diinginkan tidak menjadi kenyataan.

    ReplyDelete
  16. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pernyataan dari Al Ghazali: “Kenyataan adalah kuasa Allah SWT. Dunia dan manusia hanyalah ciptaan Nya. Dunia dan manusia diciptakan, dimusnahkan dan diciptakan kembali semata-mata oleh Allah SWT”. Saya sangat setuju dengan pernyataan Al Ghazali karena sejatinya kenyataan adalah kuasa Allah. Manusia hanya dapat berihtiar untuk mendapatkan kenyataan yang telah ditentukan oleh Allah. Namun kadang sebagian orang menilai kenyataan sebagai sesuatu yang negatif tak kala kenyataan tersebut tidak sesuai dengan harapan. Seharusnya kita sebagai manusia bisa menerima kenyataan yang ada karena itulah kenyataan dari Allah yang terbaik untuk kita.

    ReplyDelete
  17. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya lebih memahami tentang pendapat Al Ghazali, dimana kenyataan adalah kuasa Allah SWT. Semua yang terjadi di dunia, kenyataan yang terjadi dalam diri manusia adalah sudah ketentuan Tuhan YME. Selain itu saya juga memahami bahwa “Jika aka kehendak dari beberapa mereka maka tentunya tiadalah sia-sia setiap usaha mereka untuk mengetahuiku”. Sehingga jangan pernah putus asa, selalu berusaha.

    ReplyDelete
  18. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Semua yang ada dan yang tiada berada pada genggaman Sang Pencipta. Begitu pula dengan kenyataan berada di bawah campur tangan Tuhan Semesta Alam. Setiap kenyataan yang terjadi didunia ini telah ditetapkan oleh Tuhan. Karena kita telah yakin dan percaya terhadap semua ketentuan-ketentuan-Nya yang tertuang dalam kitab suci, sebuah kenyataan tidak perlu dibuktikan terlabih dahulu. Percaya atau tidak percaya terhadap kenyataan, sesuatu yang telah ditentukan oleh Tuhan pasti akan terjadi dan sudah pernah terjadi.

    ReplyDelete
  19. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Banyak hal dalam menanggapi kenyataan. Artikel di atas menceritakan tentang monisme, pluralisme dan dualisme yang sedang menyampaikan pemikirannya.itu merupakan sebagian kecil pemikiran tentang kenyataan. kenyataan memang harus diterima walaupun terkadang tidak sesuai dengan yang kita harapkan. kenyataan seringkali berbeda dengan harapan kita, tetapi ketahuilah bahwa itu yang terbaik.

    ReplyDelete
  20. Elli Susilawati
    16709251073

    Kenyataan memang kdang tidak sesuai dengan pengharapan. Kenyataan merupakan suatu hal yang tidak mungkin bisa dirubah lagi. Semua telah terekam jelas oleh ruang dan waktu. Dan kenyataan yang ada merupakan takdir yang telah ditapakan

    ReplyDelete
  21. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Nyata artinya pernah terjadi dan dengan akal kita dapat memikirkan bahwa hal itu mungkin terjadi. Dalam hal ini diperlukan suatu bukti supaya bisa disebut sebagai kenyataan. Ketika orang lain sudah melihat sendiri suatu kejadian maka ia tidak bisa lagi menyangkal bahwa itu hanya fiktif atau bukan kenyataan. Seperti contoh pada elegi Bapak Monistis, Pluralistis, dan dualisme menyampaikan pemikirannya sudah menjadi kenyataan karena kita sudah menyaksikan atau melihat sampaian pemikiran mereka pada elegi di atas.

    ReplyDelete
  22. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Kenyataan tidaklah dapat dipungkiri di dalam kehidupan ini, karena mau tidak mau kenyataan itu pasti akan terjadi entah kapan waktunya terkadang tidaklah dapat untuk diprediksi dan diketahui, tapi yakinlah bahwa kenyataan itu pasti akan terjadi. Kenyataan merupakan hal yang konkret, bukan abstrak sebagaimana halnya harapan. Kenyataan itu suatu fungsi yang tidak berada pada ranah kuasa manusia, tetapi ada campur tangan Allah SWT di dalamnya untuk menentukan apa yang terjadi pada hidup manusia.

    ReplyDelete
  23. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dalam kehidupan kita, kenyataan yang terjadi kadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Hal tersebut sesuai dengan penjelasan sebelumnya, bahwa hal tersebut erat kaitannya dengan kehendak Allah. Oleh karena itu dengan kita mendekatkan diri kepada Allah maka Allah akan senantiasa mengabulkan sesuai dengan harapan kita agar menjadi nyata.

    ReplyDelete
  24. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kenyataan merupakan sesuatu yang sudah terjadi. Dalam hal ini diperlukan suatu bukti supaya bisa disebut sebagai kenyataan. Ketika orang lain sudah melihat sendiri suatu kejadian maka ia tidak bisa lagi menyangkal bahwa itu hanya fiktif atau bukan kenyataan. Seperti contoh pada elegi Bapak Monistis, Pluralistis, dan dualisme menyampaikan pemikirannya sudah menjadi kenyataan karena kita sudah menyaksikan atau melihat sampaian pemikiran mereka pada elegi di atas.

    ReplyDelete
  25. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Menurut Plato, kenyataan terdiri dari ide. Ide merupakan kenyataan rohani yang bersifat tunggal, teratur, jelas dan abadi. Sedangkan indrawi hanya bayangan ide. Kenyataan yang ada juga merupakan hasil jerih payah usaha yang sungguh-sungguh dan do’a sebagai umat Allah SWT. Terkadang kenyataan yang kita inginkan tidak sesuai dengan yang ada tetapi jika kita ada niatan untuk berusaha yang sebaik-baiknya InsyaAllah, Allah akan memberikan kemudahan untuk kita semua. Aamiin.

    ReplyDelete
  26. Nama : Wisniarti
    NIM : 17709251037
    Kelas : PM B (Pascasarjana)

    Assalammualikum, Wr Wb
    Setelah saya membaca postingan ini beberapa kali di waktu yang berdekatan, saya mengambil kesimpulan dari semua pendapat di atas berujung kepada yang Esa, Kepada Tuhan. Kenyataannya kita menyadari bahwasanya hidup ini menuntun kita ke Tuhan dengan berbagai teori dan pandangan. Jika saya diizinkan untuk berelegi dalam menggapai kenyataan, mungkin saya akan mengatakan bahwa kenyataan itu kesadaran. Kesadaran menerima, kesadaran mengikhlaskan, kesadaran berjuang, kesadaran untuk berhenti atau terus berjalan, dan kesadaran bahwa semua ini hanyalah sementara. Sadar bahwa manusia ini sebagian kecil dari ciptaan Tuhan yang Maha Besar. Sedangkan, Rohani itu ada disetiap bagian tubuh manusia, yang tak pernah pergi sedetik-pun dari manusia. Rohani selalu mengiri langkah, pikiran maupun perasaan manusia.

    ReplyDelete
  27. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Setiap individu memiliki pandangan masing-masing dalam menilai sesuatu. Monisme, pluralisme dan dualisme adalah sebagian kecil dari pandangan individu. Kebenaran kenyataan menurut satu orang berbeda dengan yang lainnya karena kebenaran kenyataan tidak bersifat tetap (korespodensi). Dan itulah yang merupakan sebenar-benarnya kenyataan mereka.

    ReplyDelete
  28. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Kenyataan yang ada pada saat ini memang dapat dipandang dari berbagai sisi. Masing-masing individu bisa menafsirkannya secara berbeda pula. Monisme, pluralisme, dan dualisme merupakan beberapa cara pandang seseorang untuk melihat suatu hal. Tidak hanya itu saja, masih banyak cara pandang lain yang dapat digunakan. Dan setiap orang berhak untuk memikirkannya. Ujung daripada kepercayaan terhadap kenyataan itu sendiri adalah seperti apa yang Prof tuliskan di atas menurut Al Ghazali: “Kenyataan adalah kuasa Allah SWT. Dunia dan manusia hanyalah ciptaan Nya. Dunia dan manusia diciptakan, dimusnahkan dan diciptakan kembali semata-mata oleh Allah SWT”

    ReplyDelete
  29. Arung Mega Ratna
    17709251049
    S2 Pend. Matematika C

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Kenyataan itu mempunyai banyak definisi dan pengertiannya, yaitu sebanyak orang yang memikirkannya. Menurut saya kenyataan merupakan pengalaman yang sudah terjadi dalam ruang dan waktu. Berdasarkan elegi di atas bahwa monisme, pluralisme dan dualisme hanyalah sebagian kecil dari pemikirannya tentang kenyataan yang ada. Maka yang ada dan yang mungkin ada juga mempunyai hak untuk memikirkannya.
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  30. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Kenyataan adalah hal yang benar-benar ada, nyata adanya dan terbukti adanya. Secara rasional kita sebagai manusia harus menyadari bahwa apa yang kita hadapi dan kita jalani yang ada didepan mata kita adalah kenyataan hidup kita. Orang yang tidak bisa menerima kenyataan dalam hidupnya berarti dia tidak menyadari keberadaan Tuhan akan hidupnya. Dia tidak menyadari bahwa Tuhan menganugerahi segalanya untuk dirinya. Dia cenderung “menutup mata” ketika dia mendapatkan kenyataan yang tidak sesuai harapannya karena takut untuk menghadapinya. Begitu pula sebaliknya dia hanya akan merasakan dan menikmati kenyataan yang sesuai harapannya dan tidak ingin melewati semua yang telah ditakdirkan kepadanya.

    ReplyDelete
  31. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Kehidupan di dunia ini adalah suatu yang kenyataan dimana sifat dalam dunia itu meliputi yang monistis, Pluralis, Dualisme. Monistis yaitu bahwa segala sesuatu itu tidaklah terlepas dari kuasa dan pengamatan Allah Ta’ala. Bahwa di dunia itu juga sifatnya plural. Pluralis menyatakan bahwa kebenaranya sesuai dengan sudut pandang orang yang satu dengan yang lain itu berbeda, bersifat relatif. Dualisme menyatakan bahwa kenyataan ada bibagi menjadi dua kenyataan, yaitu pikiran manusia dan jasmani. Tetapi ketiga ini hanya sebagian kecil saya dari kenyataan yang ada.

    ReplyDelete
  32. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Kenyataan itu meliputi yang bisa ditangkap oleh panca indera yang kita miliki. Sehingga kenyataan adalah ketika dapat dirasakan atau pada saat itu. Dulu itu masa lalu, sekarang adalah kenyataan, besok itu harapan. Saat ini adalah kenyataan dan manusia pasti ingin besok itu harapannya dapat menjadi kenyataan. Untuk mewujudkan harapan menjadi kenyataan dapat melalui ikhtiar dan doa. Karena kadang apa yang kita lakukan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Maka dalam melakukan segala sesuatu harus dilandasi dengan keikhlasan juga.

    ReplyDelete
  33. Metia Novianti
    17709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2017
    Kenyataan dalam hidup manusia adalah apa yang sedang kita alami disini dan saat ini. Allah SWT menghadirkan kenyataan dalam hidup kita dari kita lahir sampai kita mati, maka janganlah kita pernah lari dari kenyataan hidup. Buka mati, hati dan pikiran agar kita dapat menjalankan kenyataan hidup secara ikhlas. Seperti yang telah disampaikan oleh Al Ghazali, yaitu “Kenyataan adalah kuasa Allah SWT. Dunia dan manusia hanyalah ciptaan Nya. Dunia dan manusia diciptakan, dimusnahkan dan diciptakan kembali semata-mata oleh Allah SWT”.

    ReplyDelete
  34. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Pemikiran kenyataan menurut para pengikut monisme, dualisme, dan pluralisme adalah pilihan masing-masing orang dengan cara berpikir yang berbeda-beda. Tetapi satu hal yang pasti, semuanya mengakui adanya kenyataan. Begitu juga dengan orangorang dengan paham lain seperti idealisme, materialisme, dan lainnya. Kenyataan patut berbangga hati karena setiap orang ingin mengetahui keberadaannya, mengetahui hakikatnya, dan menunggu kedatangannya.

    ReplyDelete
  35. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Dalam mendefinisikan kenyataan, tak terlepas dari adanya monisme, dualisme dan pluralisme. monoisme menjelaskan kenyataan lebih terkait pada ketuhanan atau kerohanian sedangkan pluralisme lebih kepada fakta-fakta sains duniawi. sedangkan dualisme lebih kepada ide-ide itu sendiri.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  36. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Setiap hal yang ada di dunia ini memiliki berbagai macam definisi yang berbeda-beda tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya, dalam ruang apa dan waktu apa kita mengartikannya, seperti dalam artikel ini mendefinisikan kenyataan dalam monoisme, dualisme, dan pluralisme.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  37. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Filsafat berkaitan dengan mempertanyakan hakikat. Filsafat adalah sebenar-benar dirimu. Semua yang ada di dunia ini adalah filsafat. Filsafat adalah pendapat para filsuf. Hakikat "kenyataan" tentu tidak hanya satu, bergantung dari sudut mana kita akan mencari tahu.

    ReplyDelete
  38. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    PPs Pend. Matematika A 2017

    Filsafat adalah ilmu olah pikir, maka setiap individu mempunyai hak untuk membangun filsafatnya masing-masing dan memaknai suatu hal dengna olah pikirnya sendiri. Elegi di atas menggambarkan tentang bahwa kata kenyataanpun memiliki berbagai macam definisi sesuai dengan pikiran masing-masing para ahli.

    ReplyDelete
  39. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Kebenaran kenyataan bersifat relatif, sehingga setiap individu memiliki perbedaan dalam memahami sebuah kebenaran kenyataan. Monistis, pluralistis, dan dualisme hanyalah beberapa pemikiran mengenai kebenaran kenyataan. Namun, diantara banyaknya pemikiran mengenai kenyataan semuanya akan bermuara pada kebenaran kenyataan yang absolut yaitu milik Allah. Seperti pemikiran yang diungkapkan oleh Al Ghazali: “Kenyataan adalah kuasa Allah SWT. Dunia dan manusia hanyalah ciptaan Nya. Dunia dan manusia diciptakan, dimusnahkan dan diciptakan kembali semata-mata oleh Allah SWT”. Terima Kasih

    ReplyDelete
  40. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A 2017

    Pandangan seseorang terhadap kenyataan akan berbeda dengan orang lain, diantaranya Monistis, pluralistis, dan dualisme. Kenyataan absolut adalah berasal dari Allah. dalam hidup ini sejak kita lahir, hingga sekarang adalah kenyatan-kenyatan yang telah kita lalui. Dan hari esok adalah kenyataan yang sudah tercatat di lauhul mahfudz, namun belum turun kepada kita. Dengan mengharap semata-mata ridho dari-Nya maka berikhtiar dan berdoa serta ikhlas adalah kunci agar apa yang sudah ditakdirkan Allah tersebut, dapat kita terima sebagai kenyataan-kenyataan yang berikutnya

    ReplyDelete
  41. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Setiap orang pastilah memiliki definisi yang beragam tentang kenyataan. Kenyataan dapat dipandang dari berbagai sudut sehingga dapat pula di definisikan dengan beragam. Kenyataan itu adalah segala sesuatu yang ada dalam pikiran kita. Maka kenyataan itu bisa menjadi ada dan mungkin ada. Sebagaimana dongeng bagi bagi anak- anak dapat menjadi nyata jika ada dalam pikiran mereka. Sebagaimana matematika itu nyata karena ada dalam pikiran kita. Tetapi kenyataan juga bisa menjadi lebih dari apa yang ada dalam pikiran kita. Sebagai umat beragama kenyataan dapat dipandang sebagai takdir Allah SWT baik yang telah terjadi maupun yang belum terjadi. Maka tugas kita sebagai manusia adalah berusaha yang terbaik untuk agar kenyataan yang terjadi sesuai dengan harapan kita.

    ReplyDelete
  42. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Kenyataan adalah segala hal yang sudah terjadi. Apa yang terjadi, itulah kenyataannya. Kenyataan datangnya dari Allah SWT. Tetapi dengan kemampuan yang dibekali oleh Allah SWT, manusia dengan usahanya dapat mengambil bagian bagaimana kenyataan itu terjadi. Walaupun sesungguhnya, kenyataan itu hak prerogratif Allah SWT. Oleh karena itu, kita sebagai manusia hendaknya mensyukuri kenyataan yang terjadi dalam hidup kita. Belajar meyakini bahwa setiap kenyataan yang kita alami adalah yang terbaik menurut Allah SWT betapapun pahitnya.

    ReplyDelete
  43. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Kenyataan yang ada di dunia ini sungguh beragam. Ragam dari kenyataan tidak lain tidak bukan disebabkan oleh sifat fikiran manusia yang memiliki perbedaan dan kecenderungan masing-masing. Tidak bisa disamakan sifat manusia karena pikiran dan pengalamannya berbeda dan berdimensi. Setiap yang ada dan yang mungkin ada berhak untuk menggambarkan kenyataannya masing-masing dalam pikirannya.

    ReplyDelete
  44. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Kenyataan yang ada sekarang sedang bergerak maju secara linear, kenyataan yang sedang maju bergerak linear mungkin sifatnya relatif. Tidak mudah memikirkan kenyataan karena masing-masing individu mempunyai gambaran atau persepsi yang berbeda dalam memahami sebuah kenyataan. Siapapun baik yang ada maupun yang mungkin ada dapat memikirkan kenyataan.

    ReplyDelete
  45. Gamarina Isti Ratnasari
    17709251036
    Pendidikan Matematika Kelas B(S2)

    Pengertian kenyataan dapat dibedakan menjadi monisme, pluralisme, dualisme, dan masih banyak lagi pemikiran yang lainnya. Dari ketiga pendapat tersebut saya sangat setuju dengan pengertian kenyataan versi dualisme, mengutip pernyataan Al-Ghazali bahwa kenyataan adalah kuasa Allah SWT, dan dunia serta manusia hanyalah ciptaan-Nya. Sebagai makhluk Tuhan, segala macam peristiwa yang terjadi pada diri kita merupakan suatu kenyataan yang harus dihadapi, kadang kenyataan yang diinginkan belum sesuai dengan yang kita harapkan hal tersebut disebut dengan masalah bagi yang menganngap hal tersebut masalah. Tapi bagi orang yang selalu bersyukur hal tersebut, akan dipikirkan sebagai jalan terbaik yang telah ditakdirkan oleh Allah.

    ReplyDelete
  46. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Kenyataan, adalah segala sesuatu hal yang terjadi, baik itu kenyataan baik ataupu kurang baik. Setiap manusia memnpunyai sudut pandang yang berbeda dalam enghadapi setiap kenyataan. Ketika kita sudah berusaha sebaik apapun, kita tidak bisa memaksa kenyataan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jadi tugas kita sebagai manusia adalah berusaha sebaik-baiknya dan menerima kenyataan yang terjadi.

    ReplyDelete
  47. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Setiap orang yang berfilsafat pasti akan mempunyai pendapat yang berbeda sesuai dengan pandangan dan olah fikir masing-masing. Termaksud dalam memaknai kenyataan. Menurut saya kenyataan adalah sesuatu apa adanya yang terjadi, sesuai dengan yang terjadi sekarang. Kenyataan adalah sesuatu yang benar benar ada, bukan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  48. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Dalam menaggapi kenyataan, setiap orang mempunyai pandangan dan keyakinan masing-masing, pada akhirnya akan berujung pada kepercayaan mereka. maka kita pun harus saling menghormati pendapat yang lain tentang kenyataan, walaupun kita meyakini bahwa yang kita yakini adalah sebenar-benar kenyataan.

    ReplyDelete
  49. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Para ahli monoisme menyampaikan pemikirannya mengenai kenyataan, yaitu kenyataan adalah segala sesuatu yang ada dan mungkin ada bersumber dari satu hal Mutlak. Para ahli pluralisme menyampaikan pemikirannya mengenai kenyataan, yaitu kenyataan disusun oleh beberapa bagian-bagian kecil. Sedangkan, para ahli dualisme menyampaikan pemikirannya mengenai kenyataan, yaitu kenyataan adalah keseimbangan antara ide/pikiran dan jiwa. Sebagai manusia yang ada, saya menyampaikan pendapat tentang kenyataan, yaitu kenyataan adalah segala yang telah engkau lewati sebagai takdir-Nya dan segala sesuatu yang mungkin ada dan telah tertulis di Lauhul Mahfudz yang diselaraskan dengan ikhtian dan do’a manusia.

    ReplyDelete
  50. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Kenyataan menurut saya sama dengan takdir atau ketetapannya. Sebelum kita mengetahui segala kenyataan yang Allah berikan kepada kita, kita wajib berusaha dan berikhtiar. Sebelum berusaha kita juga harus memikirkan baik-baik apa yang akan kita lakukan. Segala yang ada dan yang mungkin ada memiliki hak untuk memikirkannya. Maka hendaknya manusia harus mampu memikirkan segala yang ada dan yang mungkin. Karena kenyataan hidup manusia sejatinya dapat dirubah dengan segala yang ada dan yang mungkin ada. Bagaimana cara merubahnya?. Caranya dengan berusaha, bertawakal, ikhtiar, dan pasrah kepada Allah. Tetapi kita juga tidak boleh menyalahkan kenyataan yang ada pada hidup kita, sebab kenyataan yang kita terima merupakan sesuatu yang Allah berikan terbaik untuk kita.

    ReplyDelete
  51. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Bayangan manusia adalah kenyataan; inilah yang saya dapatkan dari perkuliahan Pak Marsigit beberapa minggu lalu. Monoistis merupakan hal spiritual sedangkan Pluralistis hal yang material. Dualisme menggabungkan hal spiritual dan material. Manusia memiliki kenyataan bahwa dirinya merupakan spiritual dan material. Manusia tidak bisa hanya bertumpu pada spiritual atau material saja. Untuk dapat menerima kenyataan secara utuh maka manusia harus memiliki keseimbangan antara spiritual dan material dalam hidupnya.

    ReplyDelete
  52. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)
    Terimakasih Prof
    “Kenyataan” sebuah kata yang memiliki makna mendalam dalam hidup ini. Untuk mengetahui tentang hakikat kenyataan maka ada beberapa pendapat yaitu pendapat berdasarkan monistis, pluralistis, dan dualisme. Ketiganya memandang kenyataan dari sudut pandang yang berbeda. sebenarnya kenyataan memang dapat dipandang dari sudut pandang yang berbeda. misalnya kenyataan tentang manusia. Kenyataan manusia itu berubah yaitu bahwa setiap manusia mengalami perubahan. Dan adapula manusia yang tetap, yang tetap bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan.

    ReplyDelete
  53. indah purnama sari
    17701251035
    PEP B 2017

    Perbedaan pendapat yang terjadi tidak melunturkan maksud dari kenyataan itu sendiri. tiap orang bebas mengeluarkan pendapat, dan ingin mengikuti pendapat ahli yang mana. bagi saya, saya sependapat dengan Al-Ghazali kenyataan adalah kuasa Allah SWT yang mana berkaitan dengan takdir. kenyataan tidak bisa di ganggu gugata itulah kenyataannya. ia mutlak kuasa Allah.

    ReplyDelete
  54. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Kenyataan identik dengan fakta yang tidak diharapkan terjadi oleh yang mengalaminya. Kenyataan tetap kenyataan ia tetap terjadi meskipun tak diharapkan.Dengan memahami tulisan diatas mengeani pendapat monistis, pluralistis dan dualisme tentang kenyataan mereka memiliki pendadat sendiri-sendiri oleh karena dapat diketahui bahwa makna kenyataan antar satu orang dengan orang lain dapat berbeda tergantung dari mana ia memandangnya, namun hakikatnya sama, yakni merupakan takdir dari Tuhan yang harus diterima. Terima kasih.

    ReplyDelete
  55. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B

    Dari bacaan di atas, dapat saya simpulkan bahwa metafisika dari kenyataan adalah yang mungkin nyata. Kenyataan juga merupakan bentuk dari yang diharapkan atau yang mungkin diharapkan. Definisi paling tinggi kenyataan yaitu merupakan kehendak Allah Yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
  56. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Terima kasih Prof sebelumnya untuk ilmu yang diberikan. Saya melihat dari ulasan di atas bahwa kenyataan mencakup pada sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Saya dapat memahami segala sesuatu yang ada melalui panca indera. Namun, untuk melihat disebalik yang mungkin ada dapat menggunakan hati dan pikiran yang ikhlas. Saya sendiri juga merasa kesulitan dalam melihat sesuatu yang mungkin ada. Saat saya meyakini keberadaan Tuhan sejatinya saya melatih diri untuk mengerti akan sesuatu yang mungkin ada di kemudian hari.

    ReplyDelete
  57. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B


    Kenyataan adalah sesuatu yang nyatanya terjadi dan diterima oleh semua orang. Kenyataan bersumber dari kehendak Allah dan diteruskan kepada manusia yang ditangkap oleh panca indera kita. Sebenar benarnya kenyataan adalah kuasa Allah. Tugas manusia adalah berencana dan berusaha sedangkan Allah yang menentukan kenyataan dan hasil yang kita terima. Takdir seseorang adlah kuasa Allah tetapi kita sebagai manusia hanya berusaha dengan kemampuan kita untuk memilih sesutau namun ketika kita sudah terpilih akan sesuatu maka kembalikan semua itu kepada yang Maha Memberi. Mari merenung.

    ReplyDelete
  58. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Kenyataan itu dapat dipandang dari berbagai sudut pandang, dan dapat dipikirkan siapa saja. Kenyataan itu itu myang ada dan mungkin ada, ini berarti kenyataan itu takhingga, karena setiap yang ada dan mungkin ada itu memiliki kenyataannya masing-masing. Kenyataan adalah yang segala yang terjadi, itu tidak dapat kita hindari. Kenyataan adalah ruang dan waktu, sehingga kenyataan itu tunggal. Tiadalah kita mengetahui kenyataan itu kecuali sangat kecil dari satu sudut pandang dan definisi kita tidak dapat menggambarkan keseluruhan kenyataan. Semoga kita selau diberi petunjuk dari Allah SWT. Amiin.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  59. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Kenyataan biasa diartikan oleh orang awam dengan sesuatu yang benar-benar terjadi di sekitar kita. Dalam sejarahnya, konsep kenyataan mempunyai arti yang berbeda-beda ditinjau dari sisi monism, pluralism, dan dualism. Akan tetapi, dari perbedaan-perbedaan tersebut, dapat saya tarik sebuah persamaan bahwa kenyataan berhubungan dengan cara seseorang memandang proses yang terjadi pada kehidupan masing-masing. Jika orang tersebut memandang bahwa hidup adalah sebuah hal yang nyata, maka hal-hal yang membentuk kehidupan tersebut itulah yang merupakan kenyataan bagi mereka, entah itu berhubungan dengan Tuhan, materi, maupun kedua-duanya. Kenyataan adalah proses kehidupan itu sendiri. Kenyataan berhubungan dengan asal-usul kehidupan, tujuan kehidupan dan cara seseorang menjalankan kehidupan.

    ReplyDelete
  60. Nurika Miftahuljannah
    17709251060
    PPs P. Mat C
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Kenyataan tak mesti seindah apa yang kita bayangkan begitu pula pandangan. Kita memiliki pandangan mengenai sesuatu dan kita yakini bahwa pandangan itu sudah yang terbaik untuk mengungkapkan hal tersebut. Akan tetapi, kita harus ingat bahwa orang lain juga memiliki hak mengenai sesuatu tersebut dan belum tentu pendapatnya sama dengan pendapat kita. Lagi-lagi sikap toleransi dan saling menghargai pendapat orang lain perlu kita junjung tinggi. Jika sikap saling menghargai tidak benar-benar dijunjung tinggi, maka perpecahan akan terjadi. Pada akhirnya kenyataan akan semakin jauh dengan harapan kita. Harapan mengenai perdamaian yang membawa pada peningkatan taraf kebahagiaan manusia yang lebih tinggi. Sehingga meghargai pendapat orang lain merupakan suatu hal yang sangat penting.
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  61. Muh WIldanul Firdaus
    17709251047
    PPs P.Mat C

    Kenyataan merupakan salah satu obyek pikir yaitu mengenai yang ada dan mungkin ada. Ada dua pandangan filosofis mengenai kenyataan, yaitu kenyataan sebagai ide dan kenyataan sebagai benda konkrit. (1) Kenyataan sebagai ide maksudnya adalah segala yang ada dalam kehidupan bukanlah kenyataan, kenyataan sesungguhnya ada pada ide dan sesuatu yang terlihat dalam kehidupan adalah bayangan dari ide. (2) Kenyataan sebagai benda konkrit yaitu kenyataan terdapat dalam benda konkrit yang bisa dilihat dalam kehidupan. Benda konkrit sangat dekat dalam kehidupan sehari-hari seperti meja, kursi, pintu, kipas angin, jam tangan, kertas, air, tembok, batu, sepatu, dan lain-lain. Secara logis dapat diterima bahwa benda yang telah disebutkan tadi dapat dilihat, disentuh, dan dirasakan. Dengan kata lain, benda konkrit termasuk sesuatu yang dapat diinderai.

    ReplyDelete
  62. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A 2017


    Assalamualaikum Wr. Wb. Kenyataan adalah suatu hal yang rumit. Kenyataan dipenuhi jalan-jalan yang terjal. Jurang-jurang yang dalam. Badai-badai yang menghempas. Dalam setiap hembusan nafas, tentu sangat sulit menggapai dan mengarungi kenyataan sebagai jaln kehidupan menuju yang kekal. Tapi, Allah selalu adil kepada hamba-hamba-Nya. Allah tidak menghempaskan kita secara Cuma-Cuma dalam kenyataan yang rumit itu. Dia memeluk lalu meletakkan kehidupan kita secara pelan-pelan. Dia menghembuskan kekuatannya ke dalam hati dan akal sehat kemudian menegakkan Asmanya dan Sunnah Rasulnya sebagai senjata. Jika kita benar-benar hendak menjadi hambanya yang baik, kenyataan yang pahit itu tidak akan berarti apa-apa.

    ReplyDelete
  63. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Menurut saya kenyataan adalah yang benar ada nya, artinya sesuatu yang nyata yang benar adanya walaupun sulit dijelaskan dengan ilmu atau rasional manusia. Kenyataan adalah kehidupan yang meliputi ketiga sifat dunia tersebut yaitu pluralisme, dualisme dan monistis. Monistis adalah hal utama yang harus ada di setiap insan, karena dengan adanya kepercayaan akan adanya Allah SWT, maka kehidupan ini akan terarah ke hal yang baik. Sehingga kita kan tahu bahwa dunia hanyalah jalan menuju ke akhirat, maka sudah seharusnya Allah adalah tujuan dari hidup kita yang menjadi Kenyataan.

    ReplyDelete
  64. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Ternyata kenyataan dapat dijelaskan berbeda-beda. Tergantung hendak dilihat dari perspektif siapa. Bagi saya kenyataan saat ini adalah saya yang sedang menulis, menanggapi, belajar dan membaca elegi-elegi untuk dapat memahami kenyataan yang saya jalani. Kenyataan saya bisa pula berupa ide, ide yang saya pikirkan untuk menggapai kenyataan yang lain lagi. Kenyataan yang sekarang menentukan kenyataan yang akan saya alami setelah ini.
    Kadang ada ungkapan tentang menerima kenyataan, berdamai dengan kenyataan, ada juga orang yang mungkin tidak menerima kenyataan. Semua kembali kepada hati manusia, seberapa kedekatan manusia kepada Tuhan sang pencipta, seberapa dalam manusia mengenali diri dan pilihan-pilihannya.

    ReplyDelete
  65. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Ternyata kenyataan dapat dijelaskan berbeda-beda. Tergantung hendak dilihat dari perspektif siapa. Bagi saya kenyataan saat ini adalah saya yang sedang menulis, menanggapi, belajar dan membaca elegi-elegi untuk dapat memahami kenyataan yang saya jalani. Kenyataan saya bisa pula berupa ide, ide yang saya pikirkan untuk menggapai kenyataan yang lain lagi. Kenyataan yang sekarang menentukan kenyataan yang akan saya alami setelah ini.
    Kadang ada ungkapan tentang menerima kenyataan, berdamai dengan kenyataan, ada juga orang yang mungkin tidak menerima kenyataan. Semua kembali kepada hati manusia, seberapa kedekatan manusia kepada Tuhan sang pencipta, seberapa dalam manusia mengenali diri dan pilihan-pilihannya.

    ReplyDelete
  66. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Monisme, pluralisme dan dualisme mendefinisikan kenyataan dari sudut pandangnya masing-masing. Sebelum membaca elegi menggapai kenyataan, saya mendefinisikan kenyataan sebagai sesuatu yang nyata dan dapat dilihat keberadaanya. Ternyata menurut filsafat nyata dapat berupa ide atau bahkan jiwa. Dan ternyata menurut Imam Al Ghazali mendefinisikan kenyataan sebagai kuasa Allah SWT, yang artinya kenyataan (kuasa Allah SWT) meliputi yang nyata tampak oleh indera dan tidak tampak nyata oleh indera.

    ReplyDelete
  67. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami memahami bahwa sejatinya setiap manusia mempunyai ide-ide dan pemikiran masing-masing. Terkadang bahkan sering kelai yang terjadi kenyataan berbeda dengan apa yang dipikirkan atau yang diharapkan. Kenyataan merupakan pengalaman bagi sang pelakunya dan yang merasakannya. Dalam dunia ini terdapat manusia yang berusaha menggapai kenyataan berdasarkan logikanya, dan ada pula yang mendasarkan atas nuraninya. Ada pula yang berusaha menggabung logika dan nuraninya dalam usahanya memahami kenyataan yang ada. Seseorang yang menggunakan logika dan rasionalitasnya dalam menggapai kenyataan cenderung akan berpikir sesuatu yang ada dan dapat dilihatnya, sedangkan manusia yang lebih menggunakan nuraninya akan berpikir sesuai apa yang dirasakannya.

    ReplyDelete
  68. Dewi Saputrri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Didalam filsafat segala yang ada dan yang mungkin ada dapat diartikan dengan berbagai pandangan dan pemikiran. Salah satunya 'kenyataan' ini juga dapat diartikan dengan berbagai macam pandangan dan pemikiran. Mungkin sebelum membaca elegi ini saya tidak pernah terpikirkan akan hal itu. Menurut yang saya pahami mengenai kenyataan atau realitas adalah segala sesuatu yang sudah pernah terjadi yang bersifat ada dan nyata. Setelah saya mmebaca elegi ini banyak sekali yang bisa dipahami dari kenyataan, tidak hanya dalam lingkup yang saya pahami saja. Terimaksih pak karena terus memberikan kami ilmu melalui elegi-elegi pada blog ini.

    ReplyDelete
  69. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017

    Filsafat adalah olah pikir. Satu objek yang sama dapat dimaknai berbeda oleh orang yang berbeda. Jangan kan oleh orang yang berbeda, oleh orang yang sama namun hanya beda ruang dan waktu saja terkadang pemaknaannya sudah berbeda. Secara tidak langsung hal ini juga adalah akibat dari kenyataan. Kenyataan adalah tidak tetap. Ia adalah kontradiksi. Ia berubah-ubah sesuai dengan ruang dan waktunya. Sementara yang tetap adalah ide, atau yang ada di alam pikiran. Bila ide diterjemahkan dalam kenyataan, maka ia akan berubah-ubah.

    ReplyDelete
  70. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Seiring bertambahnya umur, maka kenyataan manusia akan berubah. Cara mensikapi kenyataan itu relatif, setiap orang mempunyai sikap yang berbeda. Ada yang mensikapi positif namun ada yang mensikapi negatif. Ada yang move on namun ada yang belum bisa move on. Kenyataan merupakan kontradiksi karena terjadi di dunia bukan di dalam pikiran. Kenyataan tidak akan sama dengan kenyataan sesudah kenyataan atau kenyataan tidak akan sama dengan kenyataan sebelum kenyataan. Kita harus selalu siap dalam menghadapi perubahan kenyataan sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi yang selalu berubah.

    ReplyDelete
  71. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Seiring bertambahnya umur, maka kenyataan manusia akan berubah. Cara mensikapi kenyataan itu relatif, setiap orang mempunyai sikap yang berbeda. Ada yang mensikapi positif namun ada yang mensikapi negatif. Ada yang move on namun ada yang belum bisa move on. Kenyataan merupakan kontradiksi karena terjadi di dunia bukan di dalam pikiran. Kenyataan tidak akan sama dengan kenyataan sesudah kenyataan atau kenyataan tidak akan sama dengan kenyataan sebelum kenyataan. Kita harus selalu siap dalam menghadapi perubahan kenyataan sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi yang selalu berubah.

    ReplyDelete
  72. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Ada berbagai cara atau pemikiran seseorang tentang kenyataan, apa itu kenyataan, bagaimana menyikapinya, dll. Menurut saya kenyataan adalah apa yang sudah terjadi, baik dalam pikiran maupun dalam capaian indera kita. Kenyataan adalah kehendak Allah. Tidak ada yang bisa mengubahnya karena ia sudah terjadi. Namun, cara menghadapi kenyataan itulah yang dapat mengubah kenyataan berikutnya yang akan muncul. Wallahua’lam.

    ReplyDelete
  73. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Kerap, mimpi kita terbenam dan terhempas karena kenyataan. Pernah juga harapan tidak sesuai kenyataan. Hal yang paling baik adalah bagaimana kita bisa menerima kenyataan tersebut agar hati dan jiwa kita tidak takut dan tidak patah. Manusia boleh berencana, namun, Tuhanlah yang menentukan. Kadang kenyataan yang diberikan oleh Allah sesuatu dengan perencaanaan kita, dan kadang juga tidak. Hal terbaik adalah selalu bersyukur dan bersabar dengan segala hal yang menimpa kita.

    ReplyDelete
  74. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. dari elegi ini saya merefleksi bahwa kenyataan berjalan linier, dia akan terus ada. Kenyataan kadang tidak sejalan dengan apa yang diimpikan manusia. Takdir Tuhan menentukan kenyataan yang terjadi dalam hidup manusia, tapi manusia masih dapat merubah takdirnya jika ia mau berusaha. Setiap kenyataan yang tejadi dalam hidup pasti ada hikmah dibaliknya.sebagai manusia hendaknya senantiasa bersyukur, bersabar, dan mengambil hikmah dari setiap kejadian (kenyataan) yang terjadi dalam hidup.

    ReplyDelete
  75. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Kenyataan dapat dilihat dari berbagai cara pandang, Setiap orang tentu juga memiliki persepsinya masing-masing dalam memandang kenyataan. Cara pandang seseorang bisa tergantung pada level keilmuan dan pengalamannya. Secara filsafat kenyataan dapat dipandang secara monistis, pluralistis, dan dualisme. Menurut pandangan monistis, kenyataan berasal dari yang tunggal dan menuju ke tunggal pula. Pluralistis memandang kenyataan terdiri dari berbagai hal yang menyusunnya. Dualisme menganggap kenyataan sebagai hal-hal yang saling bertolak belakang (kontradiksi).

    ReplyDelete
  76. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Kenyataan dari semua yang ada dan yang mungkin ada selalu berbeda-beda. Kenyataan bagi siapa saja memiliki makna dan arti yang beragam, sesuai cara pandang dan cara berpikirnya. Kenyataan bukanlah sesuatu yang harus kita takuti, namun hadapi. Setiap yang mengalami kenyataan memiliki cara menyikapinya masing-masing. Karena terkadang, ekspektasi sangatlah jauh dari kenyataan, atau ada juga yang mirip bahkan sama. Sehingga kita harus terus belajar bagaimana menyikapi dan menanggapi kenyataan yang ada dalam hidup ini dan menempatkannya sesuai dengan ruang dan waktunya. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  77. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052

    Elegi ini menggambarkan bahwa kenyataan adalah segala sesutau baik yang ada, mungkin ada, dan tidak ada. Kenyataan yang ditafsirkan oleh manusia banyak sekali macamnya. Usahaa untuk mengetahui kenyataan adalah bagian dari kenyataan itu sendiri. Sedangkan kenyataan yang sebenarnya hanya Tuhan yang Maha Tahu

    ReplyDelete
  78. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052

    Setiap kenyataan manusia berbeda-beda, setiap manusia berusaha menggapai kenyataannya masing-masing. Usaha manusia untuk menggapai kenyataan adalah sebenar kenyataan bagi manusia tersebut. Artinya usaha bersifat unik, kenyataan juga bersifat unik, dibatasi oleh persepsi sang pengusaha.

    ReplyDelete
  79. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Kenyataan merupakan suatu hal yang nyata tentang ada dan yang mungkin ada pada ruang dan waktu. Dalam berfilsafat, memikirkan kenyataan adalah hal yang disebabkan oleh maha Kuasa Allah. Kenyataan adalah hal yang tidak luput dari akal pikiran manusia tentang sesuatu hal yang sebenarnya dan sesungguhnya nyata.
    Kenyataan adalah apa yang terjadi pada kita saat ini dan segala apa yang telah terjadi pada diri kita. Definisi kenyataan menurut para ahli ada berbagai hal, ada yang mengartikannya sebagai ide, jiwa, terdiri dari monad-monad, dan sebagainya. Namun, kenyataan yang sesungguhnya adalah kuasa Allah SWT. Jadi, kita harus menerima kenyataan apapun yang terjadi pada diri kita. Serahkan semuanya pada Allah SWT karena Allah SWT selalu memberikan yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya

    ReplyDelete
  80. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Kenyataan adalah sesuatu yang nyatanya terjadi dan diterima oleh semua orang. Kenyataan bersumber dari kehendak Allah dan diteruskan kepada manusia yang ditangkap oleh panca indera kita. Kenyataan adalah sebuah takdir yang sudah Allah berikan kepada manusia. Kenyataan adalah sesuatu yang terpilih menajdi suatu keadaan yang terjadi dalam kehidupan, suatu keputusan yang terpilih dari Allah. Sebenar benarnya kenyataan adalah kuasa Allah. Tugas manusia adalah berencana dan berusaha sedangkan Allah yang menentukan kenyataan dan hasil yang kita terima.Selalu berdoa dan mendapatkan pertlongan serta perlindungan Allah untuk menghadapi kehidupan ini,

    ReplyDelete
  81. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Kenyataan memiliki banyak arti tergantung dari sudut mana kita mengartikannya. Kenyataan dalam elegi tersebut merupakan kenyataan bagi diri mereka sendiri. Kenyataan bagi seseorang bisa jadi berbeda bagi orang lain. Kenyataan bagiku ialah apa yang aku rasakan, aku lihat, aku dengar, dan aku kerjakan saat ini. Kenyataan bagiku adalah gabungan dari memilih dan tepilih. Kenyataan bagiku ialah hasil dari ikhtiar dan doaku dengan ridho Allah SWT.

    ReplyDelete
  82. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Kenyataan adalah apa yang terjadi dalam kehidupan. Sebagai umat Islam tentunya kita tahu bahwa takdir, kenyataan, ada dalam kuasa Allah SWT. Mungkin memang manusia tidak bisa merubah kenyataan yang telah terjadi, namun manusia bisa mengambil pembelajaran atas apa yang telah terjadi, berusaha untuk bersiap diri, dan berdoa memohon diberikan yang terbaik dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  83. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Namun jika berdasar elegi di atas, semua aliran mempunyai pemikiran sendiri-sendiri atas kenyataan yang ada dan yang mungkin ada. Kita dalam hal ini pun dapat mengikut kepada salah satu aliran di atas, namun dalam mengikut, kita tidak boleh sembarang mengikut, kita harus mengetahui dasar dan alasan mengapa aliran tersebut dapat muncul. Sehingga dalam mengikut kepada salah satu aliran tersebut kita tidak berposisi mitos, tetapi kita berposisi sebagai logos.

    ReplyDelete
  84. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Kenyataan sesungguhnya lebih luas dari apa yang bisa dipaparkan. Kenyataan merupakan suatu hal yang nyata tentang ada dan mungkin ada pada ruang dan waktu. Dalam berfilsafat, memikirkan kenyataan adalah hal yang disebabkan oleh maha Kuasa Allah. Kenyataan adalah hal yang tidak luput dari akal pikiran manusia tentang sesuatu hal yang sebenarnya dan sesungguhnya nyata.

    ReplyDelete
  85. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Kenyataan bagi setiap manusia akan dijelaskan secara berbeda-beda tergantung kepada perspektifnya masing-masing. Sehingga akan sangat tak terhingga penjelasan dari kenyataan itu. Kenyataan bagi anak akan berbeda dengan kenyataan bagi orang dewasa.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  86. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Di dunia ini terdapat dua macam dunia yang berbeda yaitu dunia logika dan dunia bayangan dari logika yang merupakan dunia kenyataan. Dalam dunia kenyataan, sering sekali apa yang dilogikakan itu tidak pas. Karena pada dasarnya dunia kenyataan itu adalah dunia kontradiksi karena berbatas oleh ruang dan waktu. Apa yang ada di dalam ruang dan waktu tidak ada sifat identitas yang hakiki. Karena sifat identitas hanya ada di dunia logika saja.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  87. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    “Materi dan ide merupakan unsur dialektis. Sedangkan dialektika diantara keduanya akan menghasilkan sintesis ke puncah yang tertinggi yaitu Ilahi” Saat penulis membaca, menelaah dalam keterbatasan membaca, saya melihat kalimat ini sungguh menarik tatkala menggapai puncak yang Tinggi. Ada dua hal yang harus dipenuhi, yakni materi dan ide. Di mana seseorang harus bisa merasakan secara materi dalam kehidupannya, serta ide-ide dalam dirinya bisa mendukung materi tersebut.

    ReplyDelete
  88. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Sesuau dikatakan problem tatkala dipandang negatif, tetapi menjadi sebuah anugerah tatkala dipandangan sebagai hal yang positif. Memandangan materi dan ide, setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Dengan perbedaan ini, untuk menggapai Tuhan, maka banyak macam jalannya dalam kehidupan ini.

    ReplyDelete
  89. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    kenyataan adalah hal yang dialami manusia saat ini. kenyataan bisa mempengaruhi masa depan bila manusia tidak sanggup menerima kenyataan yang sekarang dihadapinya. masa depan bisa dirubah bila manusia bisa menerima kenyataan yang sekarang sedang dihadapinya.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  90. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Kenyataan adalah keadaan dimana kita bisa merasakan apa yang benar-benar terjadi. Akhir-akhir ini banyak orang yang mengatakan keinginan untuk lari dari kenyataan, karena mereka merasa tidak sanggup lagi menghadapi kenyataan yang begitu pahit. Namun semua orang tentu pernah menghadapi kenyataan hidup yang tidak sesuai dengan rencana, kita sebagai manusia diharapkan untuk selalu bersyukur atas semua kehidupan yang diberikan Tuhan, karena kenyataan adalah Kuasa Allah SWT, Dunia dan Manusia hanyalah ciptaan-Nya.

    ReplyDelete
  91. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Kenyataan adalah takdir yang harus diterima oleh manusia dari Tuhan-Nya. Tidak ada yang mampu melawan takdir kecuali yang member takdir berkehendak untuk merubahnya. Kenyataan dalah sesuatu yang harus diterima dengan ikhlas dan sabar. Kalau kenyataan itu berupa kesenangan maka wajib untuk kita syukuri, dan kalau kenyataan itu dalam bentuk kesedihan maka kita harus ikhlas dan bersabar, sehingga kenyataan apapun yang kita terima dapat bernilai ibadah disisi Allah dan tetap bisa memperoleh hikmah.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  92. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Elegi menggapai kenyataan, dalam elegi ini menceritakan bagaimana seseorang pasti memunyai ide dalam pemikirannya sesuai dengan kemampuan masing-masing personal. Namun terkadang ide itu tidak serta merta diterima oleh semua kalangan. alangkah lebih baik kalau kita tidak memaksaakan ide tersebut guna menghindari adanya suatu konflik. Dalam sebuah musyawarah kita akan menyatukan ide-ide dari semua peserta, walaupun terkadang hanya orang itu-itu saja yang bisa mengeluarkan idenya, akan lebih baik kalu mencapai suatu mufakat.

    ReplyDelete
  93. Yuni Pratiwi
    15301241005
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Sebelum saya membaca tulisan Prof diatas, saya mengartikan kenyataan hanya sebagai satu sudut pandang. Kenyataan menurut saya adalah sesuatu yang terjadi sekarang, tanpa ada yang dibuat-buat serta berjalan apa adanya dan kita tidak dapat mengelak atau berlari dari sesuatu hal tersebut. Tetapi setela saya membaca tulisan prof diatas, ternyata kenyataan dapat diartikan dari berbagai sudut pandang. Seperti yang diartikan oleh monoisme, pluralisme, dan dualisme. Akan tetapi sebenarnya masih banyak pemikiran-pemikiran lain mengenai kenyataan dan kita tidak dapat menyalahkan pemikiran satu sama lain.

    ReplyDelete
  94. Monica Ansella
    15301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Selama ini kenyataan saya maknai sebagai apa saja yang benar-benar ada atau benar-benar terjadi, akan tetapi ternyata kenyataan memiliki makna yang begitu luas, jauh lebih luas dari pemahaman saya. Nampak dari pendapat-pendapat para tokoh yang ada dalam elegi ini, mereka memiliki pandangannya masing-masing mengenai kenyataan.
    Meskipun terdapat berbagai makna terhadap kenyataan, kenyataan yang paling nyata hanya berasal dari Tuhan. Jika Tuhan tidak nyata, dunia tidak mungkin ada. Setiap kehendak Tuhan adalah senyata-nyatanya kenyataan.

    ReplyDelete
  95. Puspitarani
    15301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terima kasih Bapak atas Elegi Menggapai Kenyataan yang telah Bapak share kepada kami. Elegi ini sangatlah menambah wawasan saya mengenai kenyataan. Kenyataan adalah sesuatu yang telah kita peroleh saat ini, kenyataan merupakan sesuatu yang sudah benar-benar terjadi tanpa ada setingan dan isapan jempol belaka. Kenyataan bisam mempengaruhi kita, baik di masa lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang. Ada banyak definisi kenyataan yang dikemukakan oleh aliran monoisme, pluralisme, dan dualisme. Namun faktanya kenyataan yang paling nyata berasal dari Allah semata.

    ReplyDelete
  96. Febriana Putri Hutami
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241007

    Selama ini kenyataan saya anggap sebagai sesuatu yang terjadi dalam hidup kita, yang benar-benar terjadi dan bukan suatu settingan manusia. Ternyata definisi kenyatan sangat luas seperti yang sudah disampaikan tokoh-tokoh di atas. Namun, sebenar-benarnya kenyataan yang terjadi di hidup kita adalah jalan takdir yang telah dituliskan Allah SWT. Jadi sebagai manusia kita hanya dapat merencanakan tentang hasil dan kenyataan yang akan terjadi adalah kuasa Tuhan YME.

    ReplyDelete
  97. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Sebagai manusia biasa, saya hanya mengartikan bahwa kenyataan merupakan apa yang sedang terjadi, yang saya lihat, dan saya alami saat ini. Namun, kenyataan yang ada di dunia ini sangatlah luas. Ada beragam kenyataan dari beragam sudut pandang. Namun, sebenarnya suatu kenyataan terjadi atas kehendak yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
  98. Aji Pangestu
    15301241009
    S1-Pendidikan matematika I 2015

    Kenyataan merupakan kejadian yang telah terjadi atau yang sedang terjadi di dunia ini dan merupakan atas kehendak Allah SWT. Kenyataan di dunia ini memiliki banyak sudut pandang, tergantung dari masing-masing.

    ReplyDelete