Jul 31, 2010

Elegi Konferensi Para Beda

Oleh Marsigit

Logos:
Ternyata urusanku itu tidak habis-habisnya. Satu persoalan dapat aku selesaikan, maka muncul persoalan yang lainnya. Sekarang aku menyaksikan fenomena lagi yang mungkin perlu kontribusiku untuk penyelesaiannya. Aku melihat sedang terjadi kegelisahan luar biasa dari para “BEDA”. Setelah aku cermati ternyata kegelisahan tersebut hampir erjadi di mana-mana. Oleh karena itu aku akan selenggarakan konferensi para beda. Wahai para beda, silahkan engkau presentasi karya-karyamu dalam konferensiku ini.



Ontologi Beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah ontologi beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuati itu tidak berbeda. Dua orang kembar sekalipun, mereka adalah berbeda. Jikalaupun segala sesuatu tidak berbeda, maka bukankah mereka terlahir pada menit yang beda. Jika mereka toh terlahir pada menit yang tidak berbeda, maka begitu lahir mereka juga menempati ruang yang berbeda. Tidaklah mungkin mereka itu diletakkan semuanya di kiri, semuanya di kanan, semuanya di atas, semuanya di bawa. Begitu lahir mereka juga telah diperlakukan dengan berbeda. Mereka disentuh oleh tangan bidan yang berbeda. Tangan bidan itu meyentuh kedua bayi itu secara bergantian, atau jika waktunya sama maka tidaklah mungkin mereka menyentuhnya dengan kedia tangan kirinya secara bersamaan untuk kedua kembar tadi. Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Waktu beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah waktu beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat waktu beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuatu itu tidak berbeda. Tiadalah waktu itu tidak berbeda. Waktu itu tidak dapat menempati dan mengulangi waktu sebelumnya. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Ruang beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah ruang beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat ruang beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuati itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada suatu ruang yang sama di dunia ini? Jika engkau menunjuk tempat tinggalmu sebagai suatu ruang yang sama, apakah engkau tidak menyadari bahwa ruangmu itu secara bersama-sama melakukan pergerakan relatif terhadap yang lebih besar, yaitu pergerakan bumi dan tata surya ini. Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Bernasib beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah nasib beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat nasib beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuati itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada suatu nasib yang sama di dunia ini? Jika engkau dapat menunjuk suatu nasib sebagai suatu nasib yang sama, apakah engkau tidak menyadari bahwa nasibmu itu benar-benar tentang dirimu, padahal engkau tidak dapat menemukan dirimu yang lainnya. Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Berpikir beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah berpikir beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat berpikir beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuati itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada suatu berpikir yang yang tidak beda di dunia ini? Jika engkau menunjuk dua orang berpikir sebagai suatu berpikir yang tidak berbeda, misalnya memikirkan “A”, dapatkah engkau membuktikannya bahwa kedua “A” yang dipikirkan itu tidaklah berbeda? Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Berbicara beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah berbicara beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat berbicara beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuati itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada suatu berbicara yang yang tidak beda di dunia ini? Jika engkau menunjuk dua orang berbicara sebagai suatu berbicara yang tidak berbeda, misalnya berbicara tentang “A”, dapatkah engkau membuktikannya bahwa kedua pembicaraan tentang “A” yang dibicarakan itu tidaklah berbeda? Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Berkarya beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah berkarya beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat berkaryabeda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuatu itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada suatu berkarya yang yang tidak beda di dunia ini? Jika engkau menunjuk dua orang berkarya sebagai suatu berkarya yang tidak berbeda, misalnya berkarya tentang “A”, dapatkah engkau membuktikannya bahwa kedua berkarya tentang “A” yang berkarya itu tidaklah berbeda? Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Berpenampilan beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah berpenampilan beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat berpenampilan beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuatu itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada dua orang berpenampilan tidak beda di dunia ini? Jika engkau menunjuk dua orang berpenampilan sebagai suatu berpenampilan yang tidak berbeda, misalnya berpenampilan tentang “A”, dapatkah engkau membuktikannya bahwa kedua berpenampilan tentang “A” yang berpenampilan itu tidaklah berbeda? Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Beraktivitas beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah beraktivitas beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat beraktivitas beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuatu itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada dua orang beraktivitas tidak beda di dunia ini? Jika engkau menunjuk dua orang beraktivitas sebagai suatu beraktivitas yang tidak berbeda, misalnya beraktivitas tentang “A”, dapatkah engkau membuktikannya bahwa kedua beraktivitas tentang “A” yang beraktivitas itu tidaklah berbeda? Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Berpakaian beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah berpakaian beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat berpakaian beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuatu itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada dua orang berpakaian tidak beda di dunia ini? Jika engkau menunjuk dua orang berpakaian sebagai suatu berpakaian yang tidak berbeda, misalnya berpakaian tentang “A”, dapatkah engkau membuktikannya bahwa kedua berpakaian tentang “A” yang berpakaian itu tidaklah berbeda? Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Berperasaan beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah berpakaian beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat berperasaan beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuatu itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada dua orang berperasaan tidak beda di dunia ini? Jika engkau menunjuk dua orang berperasaan sebagai suatu berperasaan yang tidak berbeda, misalnya berperasaan tentang “A”, dapatkah engkau membuktikannya bahwa kedua berperasaan tentang “A” yang berperasaan itu tidaklah berbeda? Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Orang tua berambut putih:
Baiklah wahai para beda, aku telah menghayati pemikiranmu semua. Itulah sebenar-benar beda, yaitu tidaklah ada di dunia ini sesuatu yang tidak berbeda. Maka aku ingin menyampaikan pesanku kepada para logos dan para kuasa untuk berhati-hatilah menjaga kuasamu. Para logos mempunyai kuasa untuk mengharapkan semua yang ada dan yang mungin ada sebagai tidak berbeda. Sedangkan para kuasa akan sangat tergoda menggunakan kekuasaannya untuk menjadikan dunia ini tidak berbeda, yaitu tidak berbeda dengan hidupnya dan kekuasaannya. Jika engkau betul-betul melaksanakan harapanmu itu maka serta merta engkau terancam oleh mitos-mitosmu sendiri. Sedangkan jika engkau betul-betul melaksanakan kegiatanmu berusaha membuat tidak beda maka engkau itulah sebenar-benar para mitos itu. Terutama hati-hatilah bagi para guru terhadap para siswa-siswanya. Tiadalah dua siswa di dunia itu yang tidak berbeda. Jika engkau para guru mengharapkan para siswa-siswamu untuk menjadi siswa-siswa yang tidak berbeda maka engkau terancam oleh mitos-mitosmu. Apalagi jika engkau para guru telah melakukan usaha-usaha atau ikhtiar-ikhtiar untuk mengusahakan agar para siswa-siswamu tidak berbeda, maka dengan ini aku proklamasikan bahwa engkau para guru tidak lain tidak bukan adalah mitos-mitos belaka yang siap menerkam dan menelan bulat-bulat para siswa-siswamu sebagai korbannya.

39 comments:

  1. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Beda itu tidak sama. Beda juga bersifat relatif, bergantung pada ruang, waktu, penampilan dan sebagainya. Dunia ini Alloh ciptakan dengan berbagai keanekaragaman. Maha suci Alloh yang telah menciptakan apa-apa di dunia ini tidak sama. Sekalipun anak kembar identik pasti akan punya perbedaan. Tidak lah mungkin manusia dapat menyamakan segala sesuatu di dunia ini. Dari mulai waktu saja akan berbeda. Apa yang terjadi sekarang dengan yang terjadi pada seperr 1 milyar sekon yang lalu pastilah beda. Maka dari itu manusia hidup di dunia ini tidak boleh untuk berambisi membuat tidak beda. Karena hal yang demikian adalah sebenar-benarnya mitos. Manusia harus bersikap toleran, mengerti secara mendalam mengenai perbedaan yang ada. Karena tidak beda adalah suatu kenikmatan dan keindahan yang Alloh ciptakan.

    ReplyDelete
  2. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Manusia diciptakan sama oleh Allah namun berbeda. Berbeda fisiknya, berbeda sifatnya namun tugasnya sama-sama menjalankan khalifah di muka bumi ini sehingga manusia dapat dibedakan dari segi amal dan perbuatannya. Karena apa yang dilakukan manusia bukanlah dilihat dari segi beda atau samanya, namun bagaimana manusia bisa membuat segala sesuatunya beda dari yang lain contohnya tidak melakukan palgiarisme untuk bisa sama dengan orang lain karena kita sudah dibekali kemampaun tersendiri untuk melakukan apa yang bisa kita lakukan yang kemungkinan akan berbeda dengan orang lain. Manusia memiliki kelebihan dan kekurangan dan manusia bukanlah makhluk yang sempurna.

    ReplyDelete
  3. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Tidak ada seorang pun yang mutlak sama dengan seseorang lainnya, termasuk anak kembar sekalipun. Meskipun kembar identik dan bahkan memiliki paras yang sangat mirip tapi mereka tentu punya perbedaan, contohnya dari segi sifat maupun pemikiran. Perbedaan itu juga berlaku pada seorang murid dengan murid yang lainnya. Mereka pastilah punya perbedaan dalam minat, bakat, kemampuan awal, kemampuan memahami, dan kecepatan dalam proses memahami. Oleh karena itu guru haruslah bisa memposisikan diri dengan bijak dalam menanggapi adanya perbedaan-perbedaan tersebut.

    ReplyDelete
  4. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Dunia ini terdiri dari yang ada dan yang mungkin ada. Semua yang Allah SWT ciptakan ada perbedaannya. Meskipun kita pernah menemukan ada orang yang sangat mirip karakter dan wajahnya, tetapi pasti masih ada bedannya. Tidak ada siswa di dunia yang tidak berbeda. Jika guru mengharapkan siswa mereka menjadi siswa yang tidak berbeda maka dia terancam oleh mitos. Masing-masing siswa memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, guru hendaknya dapat melayani kebutuhan siswa yang berbeda-beda tersebut. Selain itu, guru tidak boleh memaksakan pemikiran siswa sama dengan pemikirannya. Biarkan siswa mencari pengetahuannya sendiri. Guru hanya bertugas untuk melayani siswa dalam belajar saja.

    ReplyDelete
  5. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Perbedaan adalah hal yang wajar didunia ini. Tidak ada dua benda yang identik satu sama lain. Misalnya tidak ada satu mesin pabrik yang dapat menciptakan produk yang sama dalam setiap saat, karena dari segi waktu, waktu tiap produk itu diproduksi sudah pasti berbeda. Apalagi siswa sebagai individu yang memiliki banyak sekali perbedaan. Terkadang kita mengharapkan pencapaian hasil belajar siswa kita sama, paling tidak mencapai standar nilai yang sudah kita tetapkan. Meskipun nilai yang dicapai siswa kita sama, namun apa yang mereka taraf kompetensi yang dicapai tetaplah berbeda. Untuk itu perbedaan itu sudah pasti ada di mana-mana dan kita harus menghargainya.

    ReplyDelete
  6. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat pagi Prof.
    Beda bukanlah sebuah kesalahan. Beda artinya memiliki karakteristik yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan hal-hal yang terduga tidak dapat dipungkir banyak hal yang dapat muncul dan berkaitan erat dengan para beda. Artinya banyak hal yang dapat dipelajari dari para beda ini. Tidaklah dalam dunia ini yang tidak berbeda. Oleh karena itu, menghargai para beda dapat membuat dinamika kehidupan yang lebih berwarna. Artinya hal ini melengkapi kita dalam menjalani kehidupan. Kurang tepatlah ketika kita memaksakan hal yang berbeda menjadi tidak berbeda. Menerima apa yang ada dan menikmati kehidupan akan mempermudah jalan kita sendiri. Terima kasih.

    ReplyDelete
  7. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait Elegi Konferensi Para Beda bahwa pada artikel ini diketahui suatu konfrensi media komunikasi tatap muka yang memberikan suatu kemungkinan bahwa dengan konferensi dapat dicapai suatu pemahaman bersama yang tidak mungkin dicapai melalui komunikasi secara tertulis akan tetapi konfrensi yang dimaksud di sini adalah peta pikiran yang menjabarkan pergulatan indikator beda pada sejumlah poin penting yakni Ontologi Beda, Waktu beda, Ruang beda, Bernasib beda, Berpikir beda, Berbicara beda, Berkarya beda, Berpenampilan beda, Beraktivitas beda, Berpakaian beda, Berperasaan beda.

    ReplyDelete
  8. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Selanjutnya, penjabaran indikator beda pada sejumlah poin yang dimaksud bahwa Ontologi Beda, Waktu beda, Ruang beda, Bernasib beda, Berpikir beda, Berbicara beda, Berkarya beda, Berpenampilan beda, Beraktivitas beda, Berpakaian beda, Berperasaan beda, dapat dijelaskan bahwa sebenar-benarnya beda adalah tidak benar dan tidak salah, akan tetapi terdapat banyak makna yang bisa mengilustrasikan dari keduanya namun tidak memiliki semesta pembicaraan sebagai batasan untuk keduanya, kecuali kuasa Tuhan yang tidak memiliki konfrensi beda.

    ReplyDelete
  9. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Beda memiliki arti tidak sama, memiliki keunikan tersendiri. Bahkan bayi kembar pun berbeda, jika tidak terlihat fisik maka emosional kedua bayi pasti berbeda. Itulah keagungan Tuhan dimana Tuhan menciptakan semua orang dengan memiliki perbedaan. Perbedaan itulah menjadi keunikan tiap manusia. Diri kita yang sekarangpun sebenarnya berbeda dengan diri kita di waktu yang lalu dan diri kita di waktu yang akan datang, karena selalu ada perubahan tergantung pada ruang dan waktunya. Dengan adanya perbedaan hendaknya kita bisa saling melengkapi satu sama lainnya. Karena kita adalah makluk sosial, saling berhubungan satu dengan lainnya.

    ReplyDelete
  10. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Perbedaan tidak perlu dihindari. Sebab kita tak mungkin bisa menghindarkan diri dari perbedaan. Perbedaan adalah suatu kondisi yang tak harus diseragamkan. Perbedaan tercipta karena hidup adalah harmoni. Tuhan menciptakan alam raya dengan segala keunikan perbedaan. Ia bahkan menciptakan keanekaragaman dalam satu jenis penciptaan. Tuhan menciptakan perbedaan agar ciptaan dapat saling mengenal dan membentuk harmoni.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Setelah membaca elegi ini pertama saya hanya merenungkan dan membayangkan apa yang terjadi jika didunia ini tidak ada perbedaan. Beberapa fenomena justru akan membuat kita tertawa geli. Bisa dibayangkan Jika tidak ada perbedaan antara bayi dan orang dewasa maka bayi yang baru lahir langsung bisa fasih berbicara, bisa berjalan sendiri, dst. Jika tidak ada perbedaan antara manusia dan hewan maka betapa hancurnya peradaban didunia ini. Jika tidak ada perbedaan antara pria dan wanita maka tidak akan kita jumpai kelahiran dan keturunan didunia ini. Jika tidak ada perbedaan guru dan siswa maka tidak akan ada interaksi pembelajaran, semua akan sama-sama mengajar tanpa ada yang memperhatikan karena tidak ada yang belajar atau justru semua akan sama-sama bingung dalam belajar karena tidak ada yang mengajar. Tentunya masih banyak contoh lainnya.

    ReplyDelete
  13. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Kehidupan kita memang tidak bisa terlepas dari perbedaan. Perbedaan itulah yang menjadi pembanding ciri yang satu dengan yang lainnya, fungsi yang satu dengan yang lainnya, nilai yang satu dengan yang lainnya, dst. Adanya perbedaan, kita bisa membandingkan fungsi mata seperti apa dan fungsi telinga seperti apa, membandingkan peran guru dan siswa, membandingkan keistemewaan manusia daripada hewan, membandingkan mana yang baik dan buruk, membandingkan mana yang mitos dan yang logos, membandingkan mana yang haram dan halal, hak dan kewajiban, dst. Tanpa perbandingan kehidupan dimuka ini akan datar saja.
    Maka ketika kita mendapati pergejolakan perbedaan, umumnya dalam kehidupan manusia ialah perbedaan pendapat, keyakinan visi, dan misi, harusnya semua itu tidak perlu menjadi ancaman bagi setiap diri. Cukup kita sama-sama menyadari bahwa esensi diciptakannya perbedaan adalah untuk saling melengkapi.

    ReplyDelete
  14. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Perbedaan bukan berarti menjunjung paham rasis, karena perbedaan di sini membahas perbedaan yang menjunjung kebaikan. Berani beda menjadikan orang tersebut panutan bagi orang lain yang tidak bisa seberani dia, menjadikan orang lebih terbuka dalam mengekslpor hal baru untuk dibagikan kepada dunia, berani untuk menengakkan keadilan, berani membela yang salah, hal-hal tersebut menjadikan ciri khas yang berbeda dari yang lain melekat pada orang tersebut. Beda bukan aneh, tapi kebanyakan menganggapnya aneh karena memang berbeda dengan dirinya, menganggap dirinya sama dengan yang lain sehingga bila ada yang berbeda dengan dirinya maka akan segera berspekulasi seperti itu, bisa jadi bertujuan untuk menipiskan nyali orang yang berbeda itu agar ikut sepaham dengan dirinya. Jadi, untuk menjadi beda perlu keteguhan hati dan keberanian untuk berani salah dan mengakui bila ada perbedaan dalam dirinya yang dianggap salah.

    ReplyDelete
  15. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Tidak ada di dunia ini sesuatu yang sama, semua memiliki perbedaan. Begitu juga dengan siswa. Sebagai guru atau calon guru harus memahami perbedaan setiap siswanya. Karakteristik siswa yang berbeda juga harus disesuaikan dengan perlakuan guru dalam mengajar. Guru tidak boleh memaksakan segala sesuatu kepada siswa, termasuk memaksa siswa agar sama. Setiap siswa diberi bakat dan kelebihannya masing-masing. Tugas guru adalah mengenali dan mengembangkan bakat yang ada dalam diri siswa, bukan memaksakan bakat yang harus ada dalam diri siswa. Begitu indahnya Allah menciptakan perbedaan diantara manusia agar manusia mampu mengenali, menghargai, dan melengkapi satu sama lain. Maka bersyukurlah kepada Allah agar Allah senaniasa melimpahkan rahmatNya kepada kita.

    ReplyDelete
  16. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Perbedaan mengajarkan dan memberikan warna pada kehidupan. Jika tidak ada perbedaan mungkin hidup akan terasa hampa dan sulit untuk membedakan, karena semua bersifat sama. Tuhan telah menciptakan semua yang ada di dunia dengan berbeda-beda. Perasaan yang berbeda, sifat yang berbeda, karakter yang berbeda, skill yang berbeda dan potensi yang berbeda. Termasuk potensi siswa yang melekat pada siswa juga berbeda-beda, sebagai seorang guru hendaknya mengetahui perbedaan siswanya, namun tidak untuk dibeda-bedakan agar pembelajaran menjadi bermakna untuk siswa.

    ReplyDelete
  17. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Dunia ini diciptakan melalui kombinasi-kombinasi tak hingga faktor yang menghasilkan varian yang jumlahnya tak hingga. Varian tersebut menghasilkan suatu perbedaan. Dalam memandang sesuatu misal, segala macam sudut pandang dapat dipakai dan kesemua sudut padnagn akan mengasilkan nilai masing-masing. Tidak ada yang sama di dunia ini sekalipun kembar identik. Kita harus memahami fakta tersebut sebagai bekal untuk bersosial dengan baik. Ketika kita dapat memahami hakekat manusia itu berbeda maka kita akan memiliki kelapangan untuk menerima keadaan dan memiliki kebijakan untuk menyikapi perbedaan. Tidak hanya asal “sama” denganku! Atau yang “benar” hanya aku.
    Kedewasaan dalam menyikapi perbedaan harus dimiliki oleh guru. Dalam satu kelas terdapat banyak siswa yang memilki banyak sekali perbedaan. Berbeda cara bicara, berbeda cara belajar, berbeda hobi, berbeda pengalaman, berbeda kecerdasan, berbeda gairah belajar, dan lain sebagainya. Dengan memahami perbedaan maka guru dapat menanggapi perbedaan siswa dengan lebih bijak untuk menghasilkan output pendidikan yang optimal. Tidak jaman lagi guru bertingkah arogan, guru adalah fasilitator yang dapat memfasilitasi siswa belajar dengan sebagai kesulitannya.

    ReplyDelete
  18. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Terdapat kalimat menarik yang tertera pada elegi di atas yaitu sebenar-benar beda, tidaklah ada di dunia ini sesuatu yang tidak berbeda. Oleh karena itu hal ini harus menjadi pengingat bagi para pemimpin. Pastilah dalam hatinya akan merasa beda dengan orang lain karena memiliki pembeda berupa kekuasaan. Tetapi para pemimpin juga harus ingat bahwa perbedaan itu sesungguhnya tidak berbeda. Hal ini dikarenakan kembali lagi pada Allah. Segala sesuatu adalah milik Allah semata dan semuanya akan kembali pada-Nya
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  19. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    “Tidaklah ada di dunia ini sesuatu yang tidak berbeda”. Ontology, waktu, ruang, nasib, pikir, karya, penampilan, aktivitas, pakaian, rasa yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat kits temui di kelas, misalnya perbedaan antara siswa yang satu dengan yang lainnya. Setiap individu itu unik dimana setiap individu memiliki kemampuan dan karakter yang berbeda. Perbedaan individual pada siswa diantaranya adalah perkembangan intelektual, kemampuan berbahasa, latar belakang pengalaman, gaya belajar, minat dan bakat, serta kepribadian. Adanya perbedaan inidividu ini, maka guru hendaknya memperhatikan masing-masing siswa dengan mengambil langkah yang tepat dalam menghadapi pada peserta didik.

    ReplyDelete
  20. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Beda dan perbedaan adalah sesuatu yang pasti, karena setiap orang, objek, ruang dan waktu apapun tidak ada yang sama antara satu dengan yang lainnya. Tidak usah terlalu jauh antar manusia, objek, ruang, dan waktu, antara dirimu sendiripun sudah berbeda. Dirimu berbeda dengan dirimu. Dirimu yang sekarang sudah berbeda dengan dirimu satu detik yang lalu dan satu detik yang akan datang. Menyadari perbedaan merupakan sebuah hal yang penting, terutama bagi para guru. Mereka harus menyadari bahwa setiap anak pasti berbeda, maka jangan anggap mereka sama, dan jangan tuntut mereka dengan hal yang sama. Dan jika memang memungkinkan perlakukanlah mereka dengan cara yang berbeda-beda pula.

    ReplyDelete
  21. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Perbedaan adalah hal yang lumrah terjadi dalam hidup manusia. Perbedaan tersebut dapat dimulai dari lingkup yang paling dekat dengan kehidupan manusia itu sendiri, yaitu keluarga. Dalam lingku keluarga, perbedaan juga merupakan hal yang dapat dimaklumi. Sehingga dalam ruang lingkup yang lebih luas, perbedaan adalah sesuatu yang wajar saja terjadi. Perbedaan bukanlah suatu hal yang menjadi permasalahan. Dan apabila dibawa ke dalam ruanglingkup pendidikan, guru sebaiknya tidak menjadikan perbedaan sebagai hambatan dalam mengajar siswa.

    ReplyDelete
  22. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Menjadi sama merupakan hal yang wajar dan hal umum untuk dilihat maupun dirasakan. Menjadi beda belum tentu diterima oleh orang lain dan bisa jadi ditolak oleh orang lain karena tidak menyamakan dengan orang tersebut. Para penganut beda akan saling berdebat dengan alur yang berbeda-beda dan pemahaman yang berbeda yang akan berakhir dengan perbedaan juga. Sehingga tetap membutuhkan penengah untuk menjadikan yang beda menjadi beda yang diterima semuanya, yaitu para pemikir yang sesungguhnya berasal dari dalam diri masing-masing para beda.

    ReplyDelete
  23. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Setiap hal di dunia dan alam semesta pasti mempunyai perbedaan satu sama lain yang tak dapat dipungkiri untuk kita pandang secara lebih bijak. Perbedaan dengan makna yang benar dan lebih bijak tidak akan menimbulkan perselisihan bahkan akan membuat kita bersatu. Dalam hal harapan guru terhadap siswanya menginginkan bahwa siswanya bisa mendapatkan pemahaman yang sama. Namun pasti terdapat perbedaan individu dalma kelas, karena setiap orang terlahir berbeda, walaupun fitrahnya sama sama hamba Allah. Sehingga kita tidak boleh memukul rata bahwa setiap individu sama. Karena perbedaan yang dimiliki masing masing individu yang merupakan ciri khas masing-masing

    ReplyDelete
  24. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Hidup itu tak pernah terlepas dari yang namanya permasalahan. Permasalahan satu selesai, permasalahan yang lain muncul. Begitu terus. Ya begitulah hidup, permasalahan itu adalah bumbunya. Dengan permasalahan, kita menjadi kuat dan lebih dewasa dalam mengambil sikap. Sehingga nanti ke depannya jika menemui permasalahan yang lain yang lebih kompleks menjadi tidak kaget. Allah memberikan cobaan itu sesuai kemampuan kita. Jadi,jangan merasa bahwa kamu tidak dapat melaluinya. Karena ingatlah bahwa setiap masalah itu ada jalan keluarnya. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  25. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Hidup adalah soal perbedaan. Dengan perbedaanlah hidup lebih berwarna. Tiadalah sesuatu di dunia ini yang tidak berbeda. Aku berbeda denganmu, kamu tentu berbeda denganku. Apalagi antara murid dan guru. Murid berbeda dengan guru. Guru berbeda dengan murid. Janganlah memaksakan kehendak agar semua murid itu sama. Jadilah guru yang mengerti murid. Jangan sampai engkau menjadi guru yang hanya termakan mitos-mitos belaka. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  26. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Anak kucing mempunyai corak yang berbeda-beda berasal dari persilangan jantan dan betina yang mmepunyai beda corak bulunya. Beda corak pada anak-anaknya tidak menjadikan mereka dimusuhi layakya bebek buruk rupa yang ada pada dongeng anak-anak. Corak yang berbeda menjadikan mereka mempunyai ciri khas sehingga semakin mudah untuk dikenali dan mudah diberi nama. Tetapi bila berkumpul pada suatu rapat dan setiap orang mempunyai pikiran yang berbeda-beda untuk menyatukannya perlu kekuatan yang ekstra karena bisa jadi semua orang menginginkan pendapatnya diterima dan dijadikan patokan bagi yang lain. Sehingga berbeda di sini banyak positif dan negatifnya karena memang bergantung pada kondisinya.

    ReplyDelete
  27. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Berdasarkan elegi di atas terlihat bahwa tidak ada di dunia ini yang tidak berbeda, maupun sesuatu yang adadan yang mungkin ada. Karena sebenar-benar hidup adalah kontradiksi. Begitu juga denga tiap siswa, memiliki perbedaan antara yang satu dengan lainnya. Mereka memiliki keunikan masing-masing. Maka dari itu merupakan tugas besar guru untuk membuat pembelajaran di dalam kelas sebagaiman mestinya agar kebutuhan tiap siswa yang berbeda satu sama lain itu optimal. Dan jangan sampai para guru memaksakan kehendaknya, memaksakan pemikiran siswa agar sama dengan pemikiran gurunya.

    ReplyDelete
  28. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Salah satu cara membuat para beda tidak mengeluh lagi adalah dengan cara menghargainya. Tiada sesuatu di dunia ini yang tidak berbeda, maka beda adalah setinggi dan sebenar-benarnya dia. Menghargai berbedaan dan saling mentolerir akan menciptakan kedamaian, bagi mereka yang mempersoalkan beda yang tidak sesuai, maka mereka sedang merugi, karena beda tidak perlu dipersoalkan lagi. Beda akan terus ada dan mungkin akan terus ada, dan cara terbaik untuk memuliakannya adalah dengan cara menghargainya.

    ReplyDelete
  29. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Manusia diciptakan Allah berbeda-beda, begitu pula mahkluk hidup – makhluk hidup lainnya. Walaupun sekilas terlihat sama tapi sebenarnya ada yang berbeda dari itu. Bukan Cuma makhluk hidup berbeda, waktu, sifat dan sebagainya memiliki perbedaan. Hari ini belum tentu sama dengan hari esok. Hari ini pula belum tentu sama dengan hari kemarin. Sifat setiap orang juga berbeda-beda, ada yang baik, ramah, santun, sombong, acuh tak acuh dan lain sebagainya. Sekalipun seseorang itu memiliki kembaran pastilah ada bedanya, baik sifat, bentuk wajah, berat badan, pemikiran, cara berbicara, hobi, dan lain-lain. Oleh karena itu, berbeda itu bersifat relatif tergantung ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  30. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Perbedaan tidak dapat kita hindari, karena pasti tidak bisa dielakkan. Perbedaan diciptakan Allah untuk saling melengkapi antara satu dengan yang lain, sehingga tercipta hidup yang damai dan harmoni. Bayangkan apabila tidak ada perbedaan yang diciptakan Allah. Misalkan tidak ada perbedaan antara perempuan dan laki-laki, mungkin tidak akan ada kelahiran di dunia ini. Ini cuma salah satu contoh dari beberapa contoh yang ada. Oleh sebab itu, Allah menciptakan perbedaan untuk saling melengkapi. Salah satu contohnya yaitu semboyan kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu “Berbeda-beda tetapi tetap satu”, yang memiliki arti bahwa warga Negara Indonesia yang memiliki keberagaman dari mulai suku, ras, bahasa dan lain sebagainya, namun tetap hidup berdampingan dan saling hormat-menghormati, saling tolong-menolong antara sesama manusia.

    ReplyDelete
  31. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Setelah membaca elegi konferensi para beda, saya belajar bahwa di dunia ini tidak ada yang sama. Bahkan bayi yang terlahir kembar identikpun mempunyai perbedaan, entah mempunyai tahi lalat atau tidak, perbedaan tinggi badan dan berat badan. Para beda menyampaikan deskripsinya mulai dari ontology, waktu, ruang, nasib, piker, bicara, karya, penampilan, aktivitas, pakaian, dan perasaan. Apabila seorang yang memaksakan diri untuk mencari persamaan keadaan-keadaan tersebut, maka akan terancam dengan mitos-mitosnya sendiri.

    ReplyDelete
  32. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Saya setuju dengan pernyataan, “Jika engkau para guru mengharapkan para siswa-siswamu untuk menjadi siswa-siswa yang tidak berbeda maka engkau terancam oleh mitos-mitosmu.” Karena setiap siswa dilahirkan mempunyai perbedaan, baik dalam hal kepribadian, kecerdasan, gaya belajar dan lain-lain. Sehingga guru mempunyai tugas untuk memfasilitasi semua siswa dengan tetap memperhatikan segala perbedaannya, tujuannya adalah mereka antusias dalam belajar dan tidak merasa diacuhkan.

    ReplyDelete
  33. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Dunia ini terdiri dari yang ada dan yang mungkin ada. Semua yang Tuhan ciptakan pasti ada perbedaannya. Perbedaan adalah hal wajar didunia ini, dua orang yang terlahir kembar tetap akan ada perbedaan satu sama lain entah berbeda sifatnya atau pemikirannya. Jika seorang guru yang satu dan yang lainnya beda dalam hal mengajar. Maka murid akan berbeda juga dalam hal belajarnya, beda pemikirannya, beda perasaannya, dan banyak lagi. Oleh karena itu, guru janganlah membuat ketetapan dengan cara mengajar yang sama untuk semua murid. Selain itu guru tidak boleh memaksakan pemikiran muridnya sesuai dengan pemikirannya karena guru hanya bertugas untuk melayani dalam belajar saja.

    ReplyDelete
  34. Hajra Yansa
    19701251012
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu bersinggungan dengan beda. Kita melihat saudara kembar tapi tetap ada perbedaan diantara mereka. Tidak ada di dunia ini yang benar-benar sama. Beda merupakan keadaan, sifat dan karakter yang diciptakan Tuhan dengan tujuan agar manusia saling mengenal, berinteraksi, saling memahami dan memberi manfaat satu sama lain. Memahami dan menyikapi perbedaan dan memang bergantung kepada cara pandang kita terhadap perbedaan tersebut. Kita berbeda karena beda adalah harmoni yang membuat hidup kita lebih berarti. Di dalam perbedaan, tersimpan arti yang pantas untuk dimengerti. Dengan perbedaan, kita mampu merasakan makna kebersamaan, sehingga kita bisa memahami bahwa perbedaan adalah alasan untuk sebuah pengertian.

    ReplyDelete
  35. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Tidak ada siswa yang sama di dunia ini. Sebagai guru, sebaiknya tidak memandang siswa-siswanya sebagai siswa yang sama. Setiap siswa dilahirkan dengan karakter, cara berfikir, bakat dan emosi yang berbeda. Mungkin siswa tersebut kurang pintar di pelajaran matematika tetapi pintar di pelajaran seni. Tidak semua siswa akan menjadi profesor atau dokter. Mereka dapat menjadi ahli di bidang yang mereka sukai dan yang mereka kuasai. Maka, sebagai guru berhati-hatilah dengan siswa.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  36. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Pada elegi ini, hal yang dapat direnungkan adalah bawasanya setiap orang memiliki karakteristiknya masing masing. Seseorang bayi kembar pun pasti memiliki perbedaan, seperti baju yang digunakan posisi tidur dsb. Jika dilihat berbedaanlah memiliki banyak hal baik, dimana perbedaan pikiran mampu memberikan inovasi inovasi, seni yang berkembang akibat perbedaannya. Hal lain yang dapat menjadi renungan adalah mengapa banyak manusia mempermasalahkan perbedaan yang terjadi pada dirinya dan lingkunnganya. Bukankah perbedaan pendapat berarti bertambahnya ilmu karena ruang untuk belajar terbuka. Contoh lain adalah perbedaan pilihan juga menjadi sumber masalah.

    ReplyDelete
  37. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Sesuatu yang pasti ada dalam hidup adalah perubahan. Perubahan atau berubah adalah membuat ada beda. Demikian, sejatinya perbedaan adalah bagian dari hidup. Menolak adanya beda berarti mengingkari sebagian hidup yang mengakibatkan munculnya disharmoni. Meniadakan beda adalah mustahil, maka dekatilah, kenalilah, hargailah para beda karena bagaimana pun manusia akan selalu hidup berdampingan dengannya.

    ReplyDelete
  38. Hidayatul wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Beda adalah hal yang ada dalam keadaan apapun. Dalam pembelaran, beda adalah sesuatu yang harus dijadikan sebagai kunci. Guru memiliki kewajiban untuk membantu siswa membangun pengetahuannya dengan minat dan bakat yang dimiliki masing-masing siswa. Jika guru membuat tidak beda siswanya maka sesungguhnya dia sedang tidak membangun pengetahuan siswa melainkan sedang merobohkan pengetahuan siswa dengan membuat tidak beda dalam kesamaan minat dan bakat. Oleh karena itu tugas guru sebagai fasilitator yang membantu siswa mambangun pengetahuannya dengan tidak membuat tidak beda atau dengan kemampuan, minat, dan bakat masing-masing anak.

    ReplyDelete
  39. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb

    Setiap individu memiliki ciri khas masing-masing. Karakteristik anatar individu yang satu dengan individu lainnya adalah tidak sama. Dalam kegiatan pembelajaran misalnya, antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya memiliki karakteristik yang berbeda. Ada anak yang cara berpikirnya cepat dan ada pula anak yang cara berpikirnya lambat. Ada anak yang lebih senang belajar dengan menggunakan metode diskusi, ada pula anak yang lebih senang belajar dengan menggunakan metode tanya jawab. Oleh karena itu, kita tidak bisa menyamakan antara sattu siswa dengan siswa lainnya karena pada dasarnya karakteristik tiap-tiap siswa berbeda

    ReplyDelete