Jul 31, 2010

Elegi Konferensi Para Beda

Oleh Marsigit

Logos:
Ternyata urusanku itu tidak habis-habisnya. Satu persoalan dapat aku selesaikan, maka muncul persoalan yang lainnya. Sekarang aku menyaksikan fenomena lagi yang mungkin perlu kontribusiku untuk penyelesaiannya. Aku melihat sedang terjadi kegelisahan luar biasa dari para “BEDA”. Setelah aku cermati ternyata kegelisahan tersebut hampir erjadi di mana-mana. Oleh karena itu aku akan selenggarakan konferensi para beda. Wahai para beda, silahkan engkau presentasi karya-karyamu dalam konferensiku ini.



Ontologi Beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah ontologi beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuati itu tidak berbeda. Dua orang kembar sekalipun, mereka adalah berbeda. Jikalaupun segala sesuatu tidak berbeda, maka bukankah mereka terlahir pada menit yang beda. Jika mereka toh terlahir pada menit yang tidak berbeda, maka begitu lahir mereka juga menempati ruang yang berbeda. Tidaklah mungkin mereka itu diletakkan semuanya di kiri, semuanya di kanan, semuanya di atas, semuanya di bawa. Begitu lahir mereka juga telah diperlakukan dengan berbeda. Mereka disentuh oleh tangan bidan yang berbeda. Tangan bidan itu meyentuh kedua bayi itu secara bergantian, atau jika waktunya sama maka tidaklah mungkin mereka menyentuhnya dengan kedia tangan kirinya secara bersamaan untuk kedua kembar tadi. Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Waktu beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah waktu beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat waktu beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuatu itu tidak berbeda. Tiadalah waktu itu tidak berbeda. Waktu itu tidak dapat menempati dan mengulangi waktu sebelumnya. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Ruang beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah ruang beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat ruang beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuati itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada suatu ruang yang sama di dunia ini? Jika engkau menunjuk tempat tinggalmu sebagai suatu ruang yang sama, apakah engkau tidak menyadari bahwa ruangmu itu secara bersama-sama melakukan pergerakan relatif terhadap yang lebih besar, yaitu pergerakan bumi dan tata surya ini. Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Bernasib beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah nasib beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat nasib beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuati itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada suatu nasib yang sama di dunia ini? Jika engkau dapat menunjuk suatu nasib sebagai suatu nasib yang sama, apakah engkau tidak menyadari bahwa nasibmu itu benar-benar tentang dirimu, padahal engkau tidak dapat menemukan dirimu yang lainnya. Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Berpikir beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah berpikir beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat berpikir beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuati itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada suatu berpikir yang yang tidak beda di dunia ini? Jika engkau menunjuk dua orang berpikir sebagai suatu berpikir yang tidak berbeda, misalnya memikirkan “A”, dapatkah engkau membuktikannya bahwa kedua “A” yang dipikirkan itu tidaklah berbeda? Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Berbicara beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah berbicara beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat berbicara beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuati itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada suatu berbicara yang yang tidak beda di dunia ini? Jika engkau menunjuk dua orang berbicara sebagai suatu berbicara yang tidak berbeda, misalnya berbicara tentang “A”, dapatkah engkau membuktikannya bahwa kedua pembicaraan tentang “A” yang dibicarakan itu tidaklah berbeda? Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Berkarya beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah berkarya beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat berkaryabeda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuatu itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada suatu berkarya yang yang tidak beda di dunia ini? Jika engkau menunjuk dua orang berkarya sebagai suatu berkarya yang tidak berbeda, misalnya berkarya tentang “A”, dapatkah engkau membuktikannya bahwa kedua berkarya tentang “A” yang berkarya itu tidaklah berbeda? Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Berpenampilan beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah berpenampilan beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat berpenampilan beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuatu itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada dua orang berpenampilan tidak beda di dunia ini? Jika engkau menunjuk dua orang berpenampilan sebagai suatu berpenampilan yang tidak berbeda, misalnya berpenampilan tentang “A”, dapatkah engkau membuktikannya bahwa kedua berpenampilan tentang “A” yang berpenampilan itu tidaklah berbeda? Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Beraktivitas beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah beraktivitas beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat beraktivitas beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuatu itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada dua orang beraktivitas tidak beda di dunia ini? Jika engkau menunjuk dua orang beraktivitas sebagai suatu beraktivitas yang tidak berbeda, misalnya beraktivitas tentang “A”, dapatkah engkau membuktikannya bahwa kedua beraktivitas tentang “A” yang beraktivitas itu tidaklah berbeda? Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Berpakaian beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah berpakaian beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat berpakaian beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuatu itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada dua orang berpakaian tidak beda di dunia ini? Jika engkau menunjuk dua orang berpakaian sebagai suatu berpakaian yang tidak berbeda, misalnya berpakaian tentang “A”, dapatkah engkau membuktikannya bahwa kedua berpakaian tentang “A” yang berpakaian itu tidaklah berbeda? Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Berperasaan beda:
Wahai logos, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepadaku untuk menyampaikan pikiran-pikiranku. Kenalkan, aku adalah berpakaian beda. Ketahuilah bahwa aku adalah hakekat berperasaan beda. Perbedaanku itu bersifat dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya. Tetapi banyak orang tidak menyadarinya bahkan mereka tidak mau tahu atau sengaja tidak mau tahu tentang diriku. Selama ini aku merasa telah di dholimi oleh banyak manusia. Orang-orang yang paling banyak mendholimi diriku justeru adalah orang-orang yang mempunyai kekusaaan, yaitu kekuasaan dalam arti sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Maka pada kesempatan ini aku ingin protes kepadamu. Tiadalah di dunia ini segala sesuatu itu tidak berbeda. Coba carikan dan tunjukkan kepadaku jika engkau mampu, apakah ada dua orang berperasaan tidak beda di dunia ini? Jika engkau menunjuk dua orang berperasaan sebagai suatu berperasaan yang tidak berbeda, misalnya berperasaan tentang “A”, dapatkah engkau membuktikannya bahwa kedua berperasaan tentang “A” yang berperasaan itu tidaklah berbeda? Ini adalah hanya satu dari contoh yang aku berikan. Jadi sekali lagi, tiadakan sesuatu di dunia ini itu tidak berbeda. Ketahuilah aku mempunyai banyak anggotaku. Aku akan mempersilahkan para anggotaku untuk menghadap kepadamu semua, untuk melakukan protesnya masing-masing.

Orang tua berambut putih:
Baiklah wahai para beda, aku telah menghayati pemikiranmu semua. Itulah sebenar-benar beda, yaitu tidaklah ada di dunia ini sesuatu yang tidak berbeda. Maka aku ingin menyampaikan pesanku kepada para logos dan para kuasa untuk berhati-hatilah menjaga kuasamu. Para logos mempunyai kuasa untuk mengharapkan semua yang ada dan yang mungin ada sebagai tidak berbeda. Sedangkan para kuasa akan sangat tergoda menggunakan kekuasaannya untuk menjadikan dunia ini tidak berbeda, yaitu tidak berbeda dengan hidupnya dan kekuasaannya. Jika engkau betul-betul melaksanakan harapanmu itu maka serta merta engkau terancam oleh mitos-mitosmu sendiri. Sedangkan jika engkau betul-betul melaksanakan kegiatanmu berusaha membuat tidak beda maka engkau itulah sebenar-benar para mitos itu. Terutama hati-hatilah bagi para guru terhadap para siswa-siswanya. Tiadalah dua siswa di dunia itu yang tidak berbeda. Jika engkau para guru mengharapkan para siswa-siswamu untuk menjadi siswa-siswa yang tidak berbeda maka engkau terancam oleh mitos-mitosmu. Apalagi jika engkau para guru telah melakukan usaha-usaha atau ikhtiar-ikhtiar untuk mengusahakan agar para siswa-siswamu tidak berbeda, maka dengan ini aku proklamasikan bahwa engkau para guru tidak lain tidak bukan adalah mitos-mitos belaka yang siap menerkam dan menelan bulat-bulat para siswa-siswamu sebagai korbannya.

38 comments:

  1. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Tidak ada yang sama, ruang tidak pernah sama, karena kita, bumi kita senatiasa bergerak, tidak ada waktu yang sama, berarti tidak ada pengulangan. Tidak ada satu detikpun yang sama dengan detik lainya. Bahkan tidak ada yang sama tentang karakteristik manusia, bisa dilihat dari karakteristik fisik, semua berbeda, walaupun mereka adalah orang kembar. Apalagi jika sudah mempertimbangkan sifat dan pemikiran. Tidak ada yang sama. Perbedaan itu pasti ada. Dan hal itu merupakan rahmat, agar kita saling mengenal satu sama lain.

    ReplyDelete
  2. Fatmawati
    16709251071
    S2 PM.D 2016
    Beda. Unik. Tunggal. Setiap benda atau sesuatu pasti memiliki perbedaan. dan saya tertarik dengan ungkapan orang tua berambut putih, bahwa tiada lah dua siswa di dunia itu yang tidak berbeda. Setiap manusia diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangn masing-masing. Maka dari itu, setiap manusia (siswa) tiadalah yang tidak berbeda. Setiap siswa mempunyai keunikan masing-masing yang harus terfasilitasi dalam segi dunia pendidikan, dan juga dari segi-segi lainnya. Oleh sebab itu, hendaknya guru menyadari hal tersebut dan segera menyusun rencana untuk memfasilitasi siswa yang berbeda-beda. Namun, bukan berarti guru harus bersikap membeda-bedakan, melainkan guru harus bersiap diri untuk menghadapi karakter siswa yang berbeda-beda.

    ReplyDelete
  3. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Pada dasarmya tidak ada di dunia ini yang tidak berbeda. Apalagi manusia satu dengan yang lainnya. Manusia diciptakan oleh Allah swt memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Seperti sepasang anak yang terlahir kembarpun berbeda. Fisiknya berbeda, apalagi dengan hati dan sifatnya pasti terdapat perbedaan diantara keduanya. Ada yang lebih dibanding yang lain, ada juga yang kurang dibanding yang lainnya. Namun perlu diingat bahwa tidak ada perbedaan kita di hadapan Allah, semua sama derajatnya dan tiadalah seseorang yang lebih mulia dari yang lain, kecuali ketakwaan mereka kepada Allah.

    ReplyDelete
  4. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Beda dapat berarti juga sesuatu yang tak sama. Banyak beda yang terjadi didunia. Bahkan diriku pun beda. Diriku yang sejam yang lalu dengan sekarang berbeda. Diriku yang masih bayi dan sekarang beda. BEda terkait ruang dan waktu. Misalnya saja dalam dunia pendidikan. Karakteristik satu siswa tentulah berbeda dengan karakteristik siswa lainnya. Misalnya dalam pembelajaran ada siswa yang lebih senang jika pembelajaran dilaksanakan di dalam ruang kelas, tetapi ada juga siswa yang lebih senang jika pembelajaran dilakukan di luar kelas. Oleh karena itu sebagai seorang guru jangan sekali-kali menyamakan siswa yang satu dengan siswa yang lain karena pada dasarnya karakteristik mereka adalah berbeda.

    ReplyDelete
  5. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    benar adanya bahwa kita semua tidaklah sama. ada hal yang membedakan antar kita dengan yang lain dari berbagai aspek. maka sebagai guru yang memahami hal itu kita tidak bisa memberikan hanya satu model pembelajaran kepada seluruh kelas,. karena murid tidak akan sama kemampuannya. kita harus mengusahakan untuk memberikan cara pengajaran yang lebih kreatif. mempertimbangkan apakah seluruh siswa dapat memahami materi yang diberikan. memang terdengar sulit tapi setidaknya kita harus mencoba

    ReplyDelete
  6. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Karakteristik anak berbeda- beda. Antara nak yang satu dengan anak yang lain memiliki sifat dan keunikan masing- masing.
    Kemampuan dan kemahiran masing-masing. Mempunyai keahlian masing- masing.
    Apalagi anak dalam satu kelas bahkan satu sekolah. Banyak perbedaan diantara mereka.
    Sehingga sudah seharusnya sebagi guru harus dapat memahami hal itu dan menjadikan acuan dalam mendidik untuk menghargai perbedaan dan tidak untuk meniadakan perbedaan.

    ReplyDelete
  7. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu'alaikum. Perbedaan terkadang dipandang sebagai hal yang aneh dan asing. Perbedaan kadang kurang dihargai. Segal yang sama dianggap sebagai yang baik. Padahal tidak ada hal yang sama persis didunia ini. Perbedaan membuat suatu hal menjadi unik. Keunikan itu memiliki karakteristik sendiri yang indah. Perbedaan seharusnya dihargai, dan dipandang sebagai hal yang wajar. Dalam hal pembelajaran dikelas, seharusnya guru menghargai perbedaan siswa dan memfasilitasi setiap keunikan siswa dengan bijaksana.

    ReplyDelete
  8. Jeanete Nenabu
    15709251004
    PPS PMAT D 2015

    Elegi ini mengingatkan kita bahwa di dunia ini pada dasarnya tidak ada dua hal yang tidak beda. Sifat hakiki bahwa tidak ada manusia yang tidak beda di dunia hendaknya juga dipahami oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Guru hendaknya sadar bahwa tidak ada dua siswa pun yang tidak beda. Dengan perbedaan sifat, potensi, karakter, maupun kemampuan yang dimiliki siswa guru hendaknya mampu memfasilitasi pembelajaran sesuai dengan perbedaan siswa yang ada.

    ReplyDelete
  9. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Beda adalah kontradiksi dan kontradiksi adalah tidak dapat sama-sama benar pada ruang dan waktu yang sama dan dalam pengertian yang sama. Diriku pun beda. Diriku semenit yang lalu dengan sekarang berbeda. Diriku yang masih digendong ibuku dan yang sekarang beda. Beda terkait ruang dan waktu. Begitu pula dengan siswa-siswa tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda pula. Karakteristik satu siswa tentulah berbeda dengan karakteristik siswa lainnya. Misalnya dalam pembelajaran ada siswa yang lebih senang jika pembelajaran dilaksanakan di dalam ruang kelas, tetapi ada juga siswa yang lebih senang jika pembelajaran dilakukan di luar kelas. Oleh karena itu sebagai seorang guru jangan sekali-kali menyamakan siswa yang satu dengan siswa yang lain karena pada dasarnya karakteristik mereka adalah berbeda. Perbedaan mereka adalah sesuatu yang unik apabila guru telah dapat memahaminya.

    ReplyDelete
  10. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Beda. Beda yang Tuhan ciptakan untuk semua makhluk di alam semesta ini, tak terkecuali manusia. Tak ada satu orang pun yang sama dengan dirimu, bahkan orang kembar sekalipun. Seperti sama, setinggi-tingginya manusia, sama itu relatif, dan sama absolut itu milik Tuhan. Kuasa Tuhan yang mampu membuat semua makhluk di alam semesta ini beda, bahkan sampai sekecil apa pun Tuhan mampu membuat beda.

    ReplyDelete
  11. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Seidentiknya bayi kembar pasti memiliki perbedaan. Bayi kembar tersebut adalah pemberian dari Allah SWT yang dapat dimaknai bahwa tidak ada yang sama persis di dunia ini. Perbedaan ini sudah pasti terlihat dari pikiran seseorang. Karena dari pikiran dapat tercipta suatu kenyataan.

    ReplyDelete
  12. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Siswa sebagai indifidu memiliki keunikannya sendiri tidak akan sama dengan yang lain. Sehingga guru sebagai guru yang sbenarnya segera mempersiapkan berbagai variasi mulai dari model dan metode pembelajaran, media pembelajran, dan membuat lks yang memfasilitasi keunikan setiap siswanya yang berbeda-beda, yang memiliki keunikan tersendirinya.

    ReplyDelete
  13. Yuni Astuti
    14301241035
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Segala sesuatu di dunia ini memiliki perbadaan sehingga memiliki karakteristik khas masing-masing. Bahkan manusia yang terlahir identik pun pasti memiliki perbedaan sekecil apapun sebagai contohnya saja pikiran yang ada di benaknya.

    ReplyDelete
  14. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Beda itu tidak salah, ketika dunia ini sama justru akan membuat kebingungan para makluk-Nya. Tuhan memberikan perbedaaan kepada umat-Nya untuk melatih, menguji manusia seberapa besar sikap toleransi, menghargai dan keikhlasan untuk saling menlengkapi antar manusia. Jika dikaitkan dalam pendidikan,siswa disekolah sungguhlah banyak dan setiap siswa memiliki ciri khas masing-masing. Untuk itu sebagai pendidik/guru seharusnya mempersiapkan pembelajaran dengan berbagai metode agar dapat menfasilitasi keberagaman siswa.

    ReplyDelete
  15. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat perbedaan diantara siswa-siswa di sekolah. Guru tidak dapat memperlakukan hanya mengacu kepada keadaan siswa rata-rata. Dengan mengetahui perbedaan individual siswa, guru hendaknya mampu menganalisis masing-masing siswa.
    Perbedaan-perbedaan tersebut dapat dilihat dari aspek biologis, intelektual, dan psikologis. Perbedaan aspek biologis siswa ini penting diketahui oleh guru khususnya dan pendidik umumnya karena dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pendirian gedung, mengatur jadwal, mengatur tempat duduk, mengatur pengelompokkan dan melaksanakan pengajaran. Perbedaan aspek intelektual penting diketahui oleh guru karena aspek ini merupakan sesuatu yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan belajar. Aspek psikologis merupakan faktor pendukung lancarnya proses belajar mengajar yang berupa minat atau perhatian dan memandirian anak.

    ReplyDelete
  16. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Perbedaan adalah hikmah yang luar biasa yang diberikan Allah kepada kita, sehingga dengan adanya perbedaan itu tidak satupun manusia yang bisa mengklaim bahwa dirinya yang paling benar. Sudah seyogyanya jika ada perbedaan maka kita musyawarahkan agar perbedaan itu tidak semakin runcing yang menyebabkan pertikaian diantara kita. Begitu juga dalam PBM sudah selayaknya kita mengajar dengan memperhatikan perbedaan individu siswa, karena masing-masing siswa pasti mempunyai kelebihan dan kekurang. Dengan kita mengetahui perbedaan individu siswa maka kita akan memberikan pembelajaran dengan bervariasi sehingga memudahkan siswa dalam menerima materi yang kita ajarkan.

    ReplyDelete
  17. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Segala sesuatu memang berbeda, beda dalam semua hal dan tidak bisa dianggap sama dan diperlakukan sama. Jika menganggap semua sama dengan yang dipikirkannya menunjukan dia tidak dapat beradaptasi dan memaksakan kehendak yang belum pasti cocok dengan yang dianggapnya sama. Jadi setiap hal tidak bisa diperlakukan sama persis untuk menyesuaikan dengan keadaan hal tersebut. Bahkan Allah SWT. tidak menganggap semua ciptaan-Nya sama, manusia pun bebeda semua sehingga Allah memberi setiap manusia dua penjaga yang mencatat semua perbuatannya.

    ReplyDelete
  18. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Memang benar yang dikatakan bahwa tidaklah ada di dunia ini sesuatu yang tidak berbeda. Tidak ada yang sama di dunia ini. tuhan sudah menciptakan segalanya dengan kelebihan dan kekurangannya masing – masing dan tidak ada yang sama. Begitupun siswa, antara siswa yang satu dengan yang lainnya tentunya akan berbeda dan tidak sama. Sebagai guru hendaknya jangan memaksakan agar semua siswa memiliki suatu kesamaan. Justru dengan berbeda itulah yang akan membuat suasana kelas menjadi hidup dan guru dapat menyusun strategi pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan agar siswa yang berbeda tersebut dapat belajar dengan baik.

    ReplyDelete
  19. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika

    "Tidaklah ada di dunia ini sesuatu yang tidak berbeda" Kalimat ini sangat benar sekali bahkan dua bayi yang kembar identik pun pasti memiliki perbedaan. Semua yang ada didunia ini diciptakan tidak ada sama semua berbeda. Begitupula pembelajaran didalam kelas guru harus bisa mamahami perbedaan-perbedaan yang ada pada diri siswa. Dengan adanya perbedaan maka suasana akan terasa lebih indah dan tidak monoton untuk itu guru didalam kelas harus dapat menyusun strategi pembelajaran yang inovatif agar dapat menghimpun semua perbedaan siswa.

    ReplyDelete
  20. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Segala sesuatu di dunia ini pastilah tidak ada yang sama persis. terdapat perbedaan walaupun hanya sedikit. itu menjadi pelajaran bagi saya agar jangan menyamakan orang yang satu dengan orang yang lainnya. karena sesungguhnya mereka berbeda. berbeda bukan beratyi salah, tetapi berbeda itu sebenarnya istimewa.

    ReplyDelete
  21. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan elegi konferensi para beda, dijelaskan bahwa segala sesuatu di dunia ini memiliki perbedaan. Dua orang kembar sekalipun, mereka pasti memiliki perbedaan. Di dunia ini terdapat waktu yang berbeda, tempat yang berbeda, nasib yang berbeda, pikiran yang berbeda, karya yang berbeda, penampilan yang berbeda, aktivitas yang berbeda, pakaian yang berbeda, perasaan yang berbeda, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  22. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Jika elegi ini dikaitkan dengan dunia pendidikan maka sebagai seorang guru, tidak selayaknya jika kita menyamakan peserta didik kita dan memaksa mereka untuk mempunyai pemikiran yang sama dengan kita. Karena karakteristik peserta didik berbeda-beda, maka kita harus bersikap netral dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran.

    ReplyDelete
  23. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Negara Indonesia terdiri dari beberapa pulau, suku, dan agama yang berbeda. Namun adanya perbedaan tersebut membuat suatu keindahan dan keberagaman kebudayaan sehingga dapat meningkatkan solidaritas antar sesama dan menjaga kerukunan. Seperti semboyan negara kita yaitu "Bhineka Tunggal Ika" yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semoga Allah senantiasa memelihara kerukunan di antara kita. Aamiin.

    ReplyDelete
  24. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ditempat bumi kita berpijak ini pasti ada perbedaan, karena perbedaan itu merupakan suatu anugrah. Oleh karena itu kita harus menghargai perbedaan yang ada antara satu sama lain.

    ReplyDelete
  25. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Di dunia ini, sudah pasti adanya perbedaan. Perbedaan bukan berarti menjadikan sebuah pemisah, namun perbedaan dapat menjadikan bersatu. Kita dituntut pula untuk menghargai perbedaan yang ada antara kita dan orang lain. Karena perbedaan tersebut memang sudah dikehendaki Allah SWT.

    ReplyDelete
  26. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam konteks pembelajaran di kelas, perbedaan pasti ada. Salah satunya yaitu perbedaan karakter masing-masing siswa yang ada di kelas. Sebagai pendidik, tentunya tidak hanya sekedar memahami atau menghargai perbedaan tersebut, tetapi pendidik juga berkewajiban agar antara siswa satu dan yang lain juga dapat menghargai perbedaannya masing-masing

    ReplyDelete
  27. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Guru hendaknya bersikap peka dan jangan menjadikan siswa sebagai korban atas kekuasaannya. Seperti pernyataan di atas “Jika engkau para guru telah melakukan usaha-usaha atau ikhtiar-ikhtiar untuk mengusahakan agar para siswa-siswamu tidak berbeda, maka dengan ini aku proklamasikan bahwa engkau para guru tidak lain tidak bukan adalah mitos-mitos belaka yang siap menerkam dan menelan bulat-bulat para siswa-siswamu sebagai korbannya.”

    ReplyDelete
  28. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang sama bahkan orang yang kembar identifik sekalipun pasti memiliki perbedaan. memang banyak kasus di masyarakat kita yang memaksakan dan menuntut untuk "sama" padahal kita tahu bahwa segala sesuatu tak ada yang sama persis. Setiap orang memiliki jalan pikiran dan pandangan mereka masing-masing.

    ReplyDelete
  29. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan matematika I 2014

    Dalam konteks pembelajaran pastinya di setiap kelas siswanya memiliki potensi,pola pikir ataupun gaya yang berbeda. Guru sebaiknya memfasilitasi semua siswa semaksimal mungkin yakni dengan menyiapkan alternatif metode ataupun strategi pembelajaran jika salah satu siswa kesulitan dalam menyerap materi.

    ReplyDelete
  30. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Seperti yang kita tahu, bahwa setiap individu adalah beda. Bahkan seorang kembar pun, pasti memiliki perbedaaan entah dalam hal nasib, pikiran, ruang dan waktunya. Beda yang ada dipikiranku adalah beda yang menguatkan, karena dengan perbedaan dapat menjadikan pola pikir atau sudut pandang yang beragam. Dan perlu diingat, setiap orang yang beda, beda pula menyikapinya. Maka dari itu, tetap berhati-hatilah dalam memberikan definisi terhadap sesuatu, karna itu yang akan mempengaruhi pikiranmu dan menjadi perbuatanmu.

    ReplyDelete
  31. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Masih sama seperti sebelumnya, definisi beda menurut saya juga relative sesuai dengan dimensi ruang dan dimensi waktu yang tengah dihadapinya. Namun seperti disebutkan diatas bahwa beda banyak diartikan sama karena orang-orang banyak yang tidak mau memikirkannya atau melihat perbedaan yang terlihat dihadapan mereka.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  32. Desinta Armiani
    14301241041
    S1 Pend Matematika A 2014

    Beda, didalam dunia ini menurut saya tidak ada yang sama secara keseluruhan. Hanya ada beberapa kesamaan anatara satu dan yang lainya,akan tetapi kita tidak akan pernah menemukan yang benar-benar sama secara keseluruhan. Lebih lagi tentang manusia yang diciptakan beragam ras,kulit,kopetensi,dan lain-lain.

    ReplyDelete
  33. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D 16

    Inilah jawaban dari artikel sebelumnya yang berjudul “Elegi Perbincangan Para Sama”. Yang dapat saya simpulkan, tidak ada sesuatu di dunia ini yang tidak berbeda. Semua menempati ruang dan waktunya masing-masing. Amat disayangkan ada guru yang memberikan apresiasi kepada murid yang “sama”, namun mengucilkan murid yang “beda”. Padahal sejatinya murid-murid itu semuanya berbeda.

    ReplyDelete
  34. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Perbedaan adalah nikmat yang Allah berikan kepada kita hamba-Nya. Semua manusia diciptakan berbeda satu sama lain. Inilah yang membuat setiap manusia itu unik. Karena yang satu sangat berbeda dengan yang lain. Baik perbedaan fisik, tingkah laku, kecerdasan dan lain sebagainya. Tampil beda itu berani...

    ReplyDelete
  35. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Perbedaan merupakan keberagaman yang timbul karena terdapat banyaknya suatu pemikiran yang tercipta yang dapat menjadikannya suatu perbedaan. Perbedaan bukanlah hal yang dapat menciptakan suatu perpecahan atau perselisihan di antara hal satu dengan hal lainnya. Perbedaan bukanlah sesuatu hal yang buruk, sebaiknya adanya perbedaan dapat menyatukan semua. Adanya perbedaam menjadi sebuah warna tersendiri dalam kehidupan karena berbeda berarti tak sama. Tapi bukan berarti berbeda tak bisa bersama, justru adanya perbedaan dapat mejadikan sebuah kesatuan yang saling melengkapi satu sama lain.

    ReplyDelete
  36. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Sama adalah relatif. Semua yang ada dimuka bumi ini secara pasti tidak ada yang sama. Kata mirip bisa kita gunakan selain sama, namun ini hanya mirip bukan sama. Orang yang kembar sekalipun tidak akan sama. Begitupun untuk benda-benda maka dua buah benda juga tidak akan sama. Melainkan untuk sesuatu hal yang dianut seperti agama atau aturan akan sama berlaku untuk segenap orang. Contoh lainnya ketentuan Tuhan juga berlaku sama untuk semua manusia, sedangkan manusianya tidak akan sama.

    ReplyDelete
  37. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Allah swt menciptakan alam semesta ini dengan beraneka ragam sifat, maka karena itulah alam semesta ini begitu indah. Perbedaan yang ada bukan untuk menjadikan segala sesuatu bertentangan, namun perbedaan itu ada untuk manciptakan kedamaian. Beda bukan berarti tidak boleh bersama, beda juga bukan berarti tidak bisa bersatu. karena bahkan, orang yang kembar identik akan memiliki beda.

    ReplyDelete
  38. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Di dunia ini semua yang ada dan yang mungkin ada ujudnya berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Bahkan yang dinamakan kembar identik pun pasti punya perbedaan tidak ada yang sama satupun. Nah ini tantangan untuk guru bahwa setiap siswanya mempunyai karakteristik dan kemampuan yang berbeda-beda. Mereka pintar dalam satu bidang yang sama sekalipun tetap mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Maka guru harus mampu mengembangkan perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan karakteristik siswanya.

    ReplyDelete