Jul 31, 2010

Elegi Menggapai Awal dan Akhir Kedua

Oleh Marsigit

Awal dan akhir adalah semua yang ada dan yang mungkin ada.
Maka tiadalah awal dan akhir itu di luar waktumu.


Awal dan akhir bukanlah tentang semua yang ada dan yang mungkin ada.
Maka awal dan akhir itu berada dalam pikiranmu.
Tiadalah awal jika dia bertemu dengan akhir.
Padahal aku menyaksikan awal berada di dalam akhir.
Tetapi yang demikian aku menjadi merasa tidak adil.
Karena aku bisa mengatakan bahwa akhir berada dalam awal.
Tiadalah akhir jika dia itu bertemu dengan awal.
Padahal aku menyaksikan akhir berada di dalam awal.
Tetapi yang demikian aku menjadi merasa tidak adil.
Karena aku bisa mengatakan bahwa akhir berada dalam awal.
Jika awal dan akhir itu berada di luar pikiranmu.
Maka itulah awal sama dengan akhir.
Padahal aku menemukan awal tidak sama dengan awal.
Aku juga menemukan akhir tidak sama dengan akhir.
Jika engkau bingung tetapkanlah saja awal tidak sama dengan akhir.
Jika engkau bersemangat awal mungkin sama dengan akhir.
Maka segala yang ada dan yang mungkin ada adalah awal dan akhir.
Jika awal dan akhir itu satu.
Maka Yang Satu itu Yang Kuasa.
Jika awal dan akhir itu banyak.
Maka aku termasuk di dalamnya.
Jika awal dan akhir itu diriku.
Itulah yang ada dan yang mungkin ada.
Jika awal dan akhir itu diri Nya.
Maka sudah pastilah ketetapan Nya.
Maka aku menemukan bahwa diriku itu berada di antara awal dan akhir.
Jika engkau ragu, itulah karena mereka berada di luar pikiranmu.
Sedangkan jika engkau paksakan mereka berada dalam pikiranmu.
Maka engkau masih diminta pertanggungjawabannya.
...
Maka renungkanlah.

33 comments:

  1. Dita Nur Syarafina
    NIM. 16709251003
    PPs Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Kehidupan manusia berada di antara awal dan akhir. Awal kehidupan adalah saat Allah SWT membangu tata surya ini begitu juga dengan menghidupkan Nabi Adam AS dan Siti Hawa. Akhir dari manusia di dunia ini adalah ketika kiamat itu datang. Manusia tidak bisa benar-benar merasakan awal karena awal telah berlalu bahkan sejka manusia memikirkannya. Dan akhir hanyalah rahasia Allah SWT. Akhir detak jantung manusia dan akhir zaman semua rahasiaNya.

    ReplyDelete
  2. Yazid Fathoni
    NIM 13301241076
    Pendidikan Matematika C 2013

    Manusia itu berada diantara awal dan akhir. Yang awal telah berlalu tetapi bukan berakhir dan kita tidak akan tahu kapan akhir itu akan terjadi, apakah setelah nafas kita saat ini, atau ketika saya tekan "publish" ini, ataukah setelah membaca postingan ini, serta akhir itu bukanlah sesuatu yang mungkin ada tetapi merupakan sesuatu yang benar-benar sungguh ada dan pasti kita yakini itu.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika c 2013

    Awal dan akhir merupakan sebuah misteri yang hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Sebagai seorang manusia dengan pengetahuan terbatas awal dan akhir dalam pemahaman kita hanyalah terbatas dengan ruang dan waktu. Kita hanya tahu awal kita belajar hari ini, atau awal kita makan siang hari ini, tetapi kenyataannya kita tidak pernah tahu awal dan akhir. Menurut kita awal adalah ketika kita dilahirkan dan akhir adalah ketika mati, tetapi pada kenyataanya ada proses penciptaan sebelum kita dilahirkan dan masih ada kehidupan setelah kita mati.

    ReplyDelete
  4. Vety Triyana K
    13301241027
    P. Matematika I 2013

    Awal dan akhir kehidupan merupakan rahasia sang Pencipta. Sebagai manusia, kita berkewajiban mempercayai adanya awal dan akhir tersebut. oleh karena itu diperlukan usaha agar semuanya dapat berakhir dengan bahagia. Ingatlah dunia ini hanya sementara, kita tidak akan pernah tahu kapan akhir akan datang kepada kita. Lakukanlah yang terbaik di setiap kesempatan karena kesempatan tidak datang dua kali di waktu yang sama serta waktu tidak akan bisa untuk diulang

    ReplyDelete
  5. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Awal dan akhir, hal yang masih tersembunyi dan masih rahasia dikehidupan ini. Sesuai dengan spritual yang kita miliki bahwa harus memeprcayai awal dan akhir ini. Manusia mempunyai keterbatasan sehingga belum mampu mengetahui awal dan akhir itu sehingga kita hanya bisa mempercayainya dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  6. Hanif Anandita Widagusti
    13301244008
    Pendidikan Matematika C 2013

    Manusia hidup diantara awal dan akhir. Ketika manusia menjalani kehidupannya, pasti ia telah memulai sesuatu yg disebut awal, sehingga akan menemukan hasil dari permulaan perbuatannya atau disebut akhir. Namun ketika hidup manusia menemukan akhir, bukan berarti disitu adalah akhir. Karena manusia bisa memulai sesuatu yg baru, yaitu awal. Begitu pula dengan awal yg tidak ada jika belum menemukan akhir dari sesuatu. Awal dan akhir merupakan yang ada dan yang mungkin ada. Awal dan akhir menjadi rahasia Tuhan. Tetapi awal dan akhir tetap bergantung pada usaha setiap manusia.

    ReplyDelete
  7. Khintoko Intan Permatsari
    13301244011
    Pendidikan Matematika C 2013

    Tidak ada yang tahu awal dan akhir kehidupan jika bukan Allah SWT. Manusia mungkin hanya dapat memprediksi awal kehidupan terjadi saat terjadinya ledakan bigbang sehingga menghasilkan tata surya dimana bumi termasuk ke dalamnya. Sedangkan akhir dari kehidupan adalah kiamat yang hanya ALLAH SWT yang tahu kapan itu terjadi. Awal kehidupan juga bisa dimulai saat manusia lahir dibumi, menjalankan hidupnya dibumi, dan menjadi tua seiring dengan berjalannya usia dimana ia akan menemui akhir.

    ReplyDelete
  8. Khintoko Intan Permatsari
    13301244011
    Pendidikan Matematika C 2013

    Akan ada banyak awal dan akhir yang akan manusia temui. Awal untuk memulai sebuah kehidupan yang baru setelah kemarin dia hampir menemui akhir. Manusia diciptakan untuk terus berjuang untuk memulai, mengawali, dan mempertahankan agar dirinya tidak lekas menemui akhir yang dia inginkan. Setiap kali merasa inilah akhir cerita hidup, disitu ada awal yang terus berusaha membangkitkan keinginan hidup yang lebih baik dari kemarin, karena begitulah hidup yang sebenarnya. Lebih baik mendekati akhir tetapi memiliki awal yang baik daripada memilih untuk berakhir disitu yang tidak akan pernah menemukan awal.

    ReplyDelete
  9. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Dalam filsafat semua yang ada dan yang mungkin ada merupakan awal dan akhir. Contohnya awal dalam bertanya, akhir dalam bertanya. Awal dalam menjawab merupakan akhir dari pertanyaan. Sehingga dapat dikatakan akhir berada dalam awal. Mempelajari flsafat tidaklah mudah, harus memiliki sifat giat dan rasa ikhlas dalam mempelajarinya.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  10. Ika Nailatul Muna
    13301241050
    Pendidikan Matematika A 2013

    Awal dan Akhir adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Ada akhir karena ada awal dan ada awal karena ada akhir. Ada pula yang mengatakan akhir adalah awal yang baru. Sebenar-benar awal dan akhir hanya Tuhan YME yang tahu.

    ReplyDelete
  11. NUR AZIZAH
    16709251017
    PMAT KELAS A PPS UNY 2016

    Awal dan akhir selalu terjadi bersama-sama. Setelah terjadi akhir maka selalu ada awal. Saat awal terjadi pasti akan ada akhir. Begitu seterusnya. Maka dalam hidup sebab kita yakin pasti ada akhir, dalam prosesnya kita harus bersungguh-sungguh agar tidak rugi.

    ReplyDelete
  12. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Segala sesuatu di dunia ini selalu berhubungan dengan yang namanya awal dan akhir. Tidak akan ada akhir bila tidak ada awal, begitupun sebaliknya. Awal dan akhir merupakan suatu rangkaian yang tidak akan terpisahkan. Awal dan akhir kehidupan semata-mata hanyalah ketentuan Allah SWT. Dia-lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu di alam semesta ini. Oleh karena itu, pergunakanlah waktu yang kita miliki dengan sesuatu yang bermanfaat. Niat yang baik dan ikhtiar yang kita lakukan insya Allah akan menghantarkan kita pada tujuan yang kita harapkan. Amin.

    ReplyDelete
  13. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B


    Hidup itu ada awal dan ada akhir, tetapi sekaligus hidup itu tidak ada awal dan ada akhir. Awal pembelajaran, akhir pembelajaran, awal aku berbicara, akhir aku berbicara. Awal akhir itu hubungan sebab akibat, ada akhir karena akibat ada awal, tidak dapat dipisahkan. Semua itu berulang menurut lingkaran yang siklik, tetapi linear, lurus ke depan, tidak dapat diulang kembali. Maka manfaatkan masa mudamu sebelum datang masa tuamu, gunakan masa sehatmu sebelum sakitmu, gunakan waktu luangmu sbelum waktu rumitmu.

    ReplyDelete
  14. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Saat kita terlahir di dunia ini itulah awal hidup di dunia dan ketika kita pergi menghadap Ilahi itulah akhir di dunia. Namun sejatinya awal dan akhir tak semata hanya itu. Itu hanyalah sebagian dari sejatinya awal dan akhir. Itulah keterbatasan pikiran manusia. Batasan itulah yang membuat kita mereduksi atau mendeterminasi awal dan akhir yang banyak meliputi ada dan yang mungkin ada menjadi sesuatu yang terkait ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  15. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Karena dalam ruang dan waktu, sering manusia tanpa sadar membiarkan awal menjadi akhirnya, dan menganggap awal ada di akhirnya. Karena tidak semua manusia diberi kesempatan menikmati awal kedua di akhirnya sehingga memperoleh akhir kedua yang mereka inginkan. Itulah kesempatan yang patut kita semua manfaatkan sebaik mungkin. Sebuah rentang jarak awal dan akhir dan kita semua berada dalam rentang tersebut.

    ReplyDelete
  16. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Awal dan akhir adalah semua yang ada dan mungkin ada. Setiap ada awal tentu ada akhir. Demikian pula dalam kehidupan kita di dunia ini. Tidak ada perpisahan jika tidak ada pertemuan, tidak ada sukses jika tidak ada usaha, tidak kemenangan jika tidak ada kerja keras, tidak ada kehidupan jika tidak ada kematian, dan sebagainya. Awal dan akhir adalah dua kata yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan, bahwa dinamika kehidupan yang telah diatur oleh Allah. Awal dan akhir kehidupan semata-mata hanyalah ketentuan Allah SWT. Dia-lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu di alam semesta ini.

    ReplyDelete
  17. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    awal dan akhir semua yang ada dan yang mungkin ada. Dapat kita katakan ada nya kita di dunia ini di awali dari ada yang sebelumnya, yaitu ayah dan ibu kita, sedangkan adanya kedua orang tua kita diawali dari adanya kakek dan nenek kita, begitu terus menerus hingga ke ada dari yang mungkin ada yang menciptakan dari ada yang ada yaitu ALLAH SWT. dan ketika kita berbicara akhir dari kita saat ini, ketika kita meninggal, di kuburkan dan menunggu di alam penantian sampai datangnya suatu akhir dimana akhir dari yang paling akhir ketika penentuan dimana amal yang kita lakukan selama kita ada.

    ReplyDelete
  18. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    Segala sesuatu di dunia ini selalu berhubungan dengan yang namanya awal dan akhir. Tidak akan ada akhir bila tidak ada awal, begitupun sebaliknya. Awal dan akhir merupakan suatu rangkaian yang tidak akan terpisahkan. Awal dan akhir kehidupan, semata-mata hanyalah ketentuan Allah SWT. Dia-lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu di alam semesta ini.

    ReplyDelete
  19. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    Kehidupan manusia di dunia berawal ketika ia dilahirkan oleh ibunya dan akan berakhir ketika ia mati. Namun, sebelum manusia itu lahir, ia telah berada di suatu alam yang disebut alam kandungan. Kelahirannya itu merupakan suatu akhir dari alam kandungan. Begitu pula dengan kematian. Kita menganggap bahwa akhir kehidupan manusia adalah kematian, namun sebenarnya kematian adalah awal dari kehidupan manusia di alam kubur.

    ReplyDelete
  20. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    Kita tidak tau kapan akhir hidup kita serta kapan awal kehidupan baru dimulai dan akan terjadi apa kita kelak, oleh karena itu, pergunakanlah waktu yang kita miliki dengan sesuatu yang bermanfaat. Niat yang baik dan ikhtiar yang kita lakukan insya Allah akan menghantarkan kita pada tujuan yang kita harapkan.

    ReplyDelete
  21. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Berdasarkan elegi ini, kita berada di antara awal dan akhir. Kita tidak tahu secara pasti kapan awal dan kapan akhir, namun kita berada diantaranya. Hal ini sesuai dengan ajaran agama kita bahwa kita harus meyakini adanya awal dan akhir. Ini telah menjadi ketetapan-Nya yang harus kita yakini. Pikiran kita tidak akan mampu memikirkannya, karena ini merupakan di luar kemampuan kita. Sebenar-benar yang mengetahui awal dan akhir hanyalah Allah SWT.

    ReplyDelete
  22. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Sebenar-benar awal dan akhir hanya ada di pikiran. Karena tidak ada yang benar-benar awal dari suatu keawalan. Bila kita merasa bahwa suatu hal itu adalah sebuah awal pasti ada sesuatu yang lebih mendahului terjadinya sebuah awal itu. Demikian pula halnya dengan akhir, tidak ada akhir yang benar-benar absolut kecuali akhir zaman yang telah dijanjikan Allah SWT mengenai hari kiamat, bahkan setelah kiamat berakhir pun masih ada hari penantian dan penghitungan amal untuk memulai awal “hidup” yang baru. Allahualam.

    ReplyDelete
  23. Nauqi Aprilia Putri
    13301241023
    Pendidikan Matematika A 2013

    Tiada akhir jika tiada awal. Tiada perpisahan jika tiada pertemuan. Ibarat seperti itu. Namun, benar, tidak dapat dikatakan bahwa awal merupakan awal. Kembali kepada elegi yang sebelumnya, yaitu awal merupakan keputusan, maka mungkin saja akhir juga merupakan keputusan. Oleh kareana itu, untuk sesuatu dikatakan awal dan akhir menurut keputusan masing – masing. Karena mengacu pada ruang dan waktu, bahwa waktu selalu berjalan. Sedangkan segalanya di dunia ini selalu berubah. Awal dan akhirpun mengacu pada waktu yang tetap berubah. Kembali pada pemikiran masing – masing. Semoga kita selalu dalam pemikiran yang jernih dan Allah SWT. selalu membantu. Amin.

    ReplyDelete
  24. Dita Aldila Krisma
    13301241002
    Pendidikan Matematika I 2013

    Kita berada di awal dan akhir. Rangkaian perjalanan yang tidak bisa dipisahkan. Yang pasti adalah melakukan hal yang terbaik dan memilih jalan yang benar untuk melalui perjalanan awal dan akhir. Merencanakan awal yang baik dan mengakhirinya dengan menciptakan hal yang baik. Memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Dari awal hingga akhir akan dimintai pertanggungjawabannya.

    ReplyDelete
  25. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Sesungguhnya yang tidak mempunyai awal dan tidak mempunyai akhir hanyalah Allah SWT, oleh karena itu yang makhluknya tentunyai haruslah mempunyai awal dan akhir karena sifat dari Allah SWT adalah berbeda dengan makhluknya.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  26. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Dalam kaitannya dengan awal dan akhir, bisa saja awal itu merupakan akhir dari sesuatu, jadi dalam hal ini awal bisa beririsan dengan akhir. Akhir dari kita menjalani di suatu alam, bisa saja menjadi awal memasuki alam lain. Bagi manusia, awal dari kehidupan di alam kubur merupakan akhir dari kehidupan di dunia.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  27. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Tiada awal dan akhir. Awal adalah akhir dari sesuatu, dan akhir juga merupakan awal dari sesuatu yang lain. Awal dan akhir bersifat siklikal seperti perputaran jarum jam semua bisa dianggap awal dan semua bisa pula dianggap akhir. Terserah setiap invidu memaknainya. Awal dn akhir selalu berjalan berurutan, tidak tentu apakah awal berada didepan akhir, ataukah akhir berada didepan awal.

    ReplyDelete
  28. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh.

    Awal dan akhir itu relatif pada pikiran manusia.
    Manusia itu terbatas dan lemah tidak bisa mendefinisikan awal dan akhir itu kapan.
    Awal dan akhir merupakan suatu rangkaian yang tidak akan terpisahkan.


    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  29. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    Pendidikan Matematika A 2013
    13301241019

    Perjalanan kita sebagai manusia berada dalam satuan waktu antara awal dan akhir. Perjalanan tersebut terdiri dari fase-fase atau masa. Awal tak selamanya jadi awal, karena awal bisa menjadi akhir bagi sesuatu yang lain. Begitu pula dengan akhir yang juga bisa menjadi awal bagi sesuatu yang lainnya lagi.

    ReplyDelete
  30. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    Pendidikan Matematika A 2013
    13301241019

    Dan sebagai manusia, hamba Allah S.W.T. yang memiliki akal pikiran, kita tahu bahwa kita harus menggunakan sebaik mungkin waktu atau masa yang kita miliki. Sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian kecuali mereka yang beriman dan mengajarkan amal shaleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. Semoga kita semua menjadi bagian dari yang tidak berada dalam kerugian, amin ya rabbal'alamin.

    ReplyDelete
  31. RAHMANITA SYAHDAN
    16709251013
    PPs Pmat A 2016

    Bismillahirrahmanirrahim
    Saya akan berkomentar dari sudut pandang Islam dan penyempurnaan manusia.
    Apa yang dimaksud dengan iman, yang di dalam Islam dan banyak ayat-ayat Alquran dianggap sebagai poros dari semua pertanyaan? Pertama, iman adalah keyakinan kepada Allah. Kedua, iman tersebut mencakup kepercayaan kepada (keberadaan) malaikat, kitab-kitab Allah, para nabi, hari kebangkitan, dan lain-lain. Di dalam Islam, apakah iman yang menjadi tujuan hidup manusia atau hanya menjadi alat untuk mencapai tujuan yang lain?
    Semua tujuan ini adalah untuk manusia, tidak ada satu pun tujuan yang dapat dinisbahkan kepada Allah sendiri. tujuan tersebut merupakan capaian-capaian manusia menuju penyempurnaannya. Apakah iman yang diperintahkan kepada manusia adalah penyempurnaan itu sendiri?
    Atau apakah manusia disuruh beriman karena nilai-nilai kebaikan yang terkandung di dalam iman? Para filsuf mempertanyakan masalah ini dengan kalimat: “Apakah iman adalah karunia bagi manusia, atau sesuatu yang bermanfaat?”
    Ada perbedaan antara ‘karunia’ dan ‘sesuatu yang bermanfaat’. ‘Karunia’ adalah sesuatu yang masih memerlukan penyempurnaan dalam dirinya sendiri, sementara ‘sesuatu yang bermanfaat’ sudah pasti baik karena manfaat yang diberikannya. ‘Sesuatu yang bermanfaat’ adalah prolog (pembukaan) bagi ‘karunia’, tetapi ia bukan karunia itu sendiri.

    ReplyDelete
  32. Iqlima Ramadhani Fabella
    13301241017
    Pendidikan Matematika A 2013

    Sesungguhnya memang tiada awal dan akhir. Karna awal dan akhir adalah dirimu sendiri

    ReplyDelete
  33. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Jika awal dan akhir di bahas dalam kontek kita masih bisa hidup (nyawa kita belum dicabut) maka menurut saya kita akan berada dalam interval antara awal dan akhir. Tidaklah bisa kita memulai sesuatu dari awal sebelum kita melampaui akhir dan sesuatu itu tidak akan bisa berakhir tanpa diawali dengan awal dan siklus ini akan terus begitu seterusnya. Inti pembahasan yang saya tangkap dari elegi di atas yaitu antara interval awal dan akhir hendaklah mengawali dengan berdoa ketika memulai lalu berusaha maksimal menjalani proses dari awal menuju akhir dan ketika sudah di akhir jangan lupa untuk selalu senantiasa bersyukur kepada Allah SWT

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id